Waktunya Tengkurap!

bayi tengkurapAnda mungkin sudah tahu bahwa posisi tidur yang paling baik dan aman untuk bayi Anda adalah terlentang atau miring. Namun begitu, ternyata jika bayi Anda posisi tidurnya terlentang terus menerus tidak baik juga lho!

Mengapa demikian?

Tengkorak/batok kepala bayi Anda masih sangat lunak dan sangat mudah mengalami perubahan bentuk. Jika Anda membiarkan si kecil terus menerus tidur dengan posisi terlentang, maka lama kelamaan bentuk kepalanya akan “peang” dan bagian belakang akan terlihat rata.

Oleh sebab itu, cobalah sesekali membaringkan bayi Anda dalam keadaan tengkurap!

Kapan Bisa Dimulai dan Berapa Lama?

Kegiatan ini bisa Anda mulai ketika usia bayi Anda 2-3 bulan, yaitu ketika ia sudah mulai bisa mengendalikan gerak kepalanya.

Sebagian ahli menganjurkan agar Anda melakukannya terhadap si kecil sekitar 30 menit setiap harinya. Tidak perlu langsung… bagi-bagi saja menjadi beberapa kali dalam sehari. Perhatikan juga kondisi bayi Anda sebelum mulai menengkurapkannya, pastikan ia dalam keadaan tenang dan jika ia sedang kesal jangan dipaksa ya! :)

Apa Sih Keuntungannya?

Beberapa keuntungan sesekali membaringkan bayi Anda dengan posisi tengkurap, a.l:

  1. Memberikan kesempatan kepada bagian belakang kepala bayi untuk “istirahat”.
  2. Membantu menguatkan otot leher bayi, sebagai persiapan untuk merayap.
  3. Membantu mengembangkan kemampuan motorik kasar… Coba saja lihat, ketika Anda membaringkan si kecil dengan posisi tengkurap, maka ia akan menendang-nendangkan kaki serta menggerak-gerakkan tangannya, bukan?
  4. Membantu mengembangkan kemampuan motorik halus… Ketika tengkurap, bayi Anda biasanya akan berusaha menggenggam dan menarik-narik baju Anda atau selimut yang ada di dekatnya.

Bagaimana Cara Melakukannya?

Ada beberapa cara melakukan kegiatan ini:

  1. Ketika Anda sedang berbaring atau duduk bersandar, coba tengkurapkan bayi Anda di atas perut Anda.
  2. Bentangkan selimut tebal atau alas kanvas di lantai dan tengkurapkan bayi Anda di atasnya.
  3. Gendong bayi Anda dan tengkurapkan ia di atas lengan Anda.

Buatlah kegiatan ini menyenangkan. Ajak ia berbicara dan bercandalah dengannya ketika ia sedang tengkurap. Jika ia tertidur dalam posisi tengkurap, maka jangan meninggalkannya sendirian dan balikkan ke posisi terlentang ketika ia sudah terlelap.

Yuk, waktunya tengkurap!

Sudahkah Anda men-download ebook panduan 12 Bulan Pertama? Semua panduan dasar merawat bayi bisa Anda peroleh di dalamnya!

Artikel yang berhubungan:

  1. Kontroversi Posisi Bayi Tengkurap

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

, , ,

268 Responses to Waktunya Tengkurap!

  1. uswatun khasanah June 22, 2014 at 6:26 am #

    Makasih buat infonya.. saya mau tanya, anka saya umur 3 bulan tapi belom mau miring sendiri… apakah itu normal dlm tumbuh kembangnya atau tidak? Terimakasih

    • tips-bayi July 7, 2014 at 3:23 am #

      uswatun khasanah,

      Normal saja.. Dan jangan khawatir Bun.. Karena perkembangan kemampuan setiap bayi itu berbeda dan bersifat individual.. ada yang cepat dalam satu perkembangan dan lambat dalam yang lainnya.. ;)

  2. dwi May 28, 2014 at 11:38 pm #

    anak saya umur 5m 7d. Bb 6,9kg tinggi 6,7cm dy bisa miring sendiri tp hny kearah kiri. jika diposisikan tengkurap dy sudah bisa angkat kepala tengok kanan kiri… tp hingga skrg blm bisa tengkurep sendiri… masih wajarkah jika diusia tsb blm bisa tengkurep.. lalu bagaimna cara membalikan bdan stelah tengkurep

    • tips-bayi June 4, 2014 at 6:56 am #

      dwi,

      Masih wajar Bun.. masih normal.. Jika bayi Bunda akan membalikan badan bantulah terlebih dahulu degan cara mengangkat satu sisi seperti berguling.. Nantinya bayi Bunda akan belajar mencoba untuk berguling sendiri. Lakukan terus seperti itu, maka secara tidak disadari bayi Bunda sudah terstimulus untuk balik sendiri.. ;)

  3. Niken Prastiwin April 18, 2014 at 7:13 am #

    Saya mw tanya
    Anak saya uda berumur 8 bln tpi gak mau tengkurap , tapi kalau di duduk kan dia uda tidak terguling.
    Apa bahaya ya ….
    Trus makan nya susah gak mau susu formula tapi minum asi lek mau tidur aja
    Apa tidak apa” ya masih umur segini di kasih vitamin

    • tips-bayi April 29, 2014 at 3:39 am #

      Niken Prastiwin,

      Mungkin BB agak besar Bun ya..? Gak suka tengkurap bisa karena belum dibiasakan atau tidak nyaman karena BB besar, tidak apa-apa kan sekarang sudah mulai duduk ya.. NORMAL tidak bahaya..
      Tidak mau sufor maunya ASI itu bagus.. ;) Berikan saja ASI terus..

      Untuk mengatasi Bayi Bunda yang susah makan atau kurang nafsu makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi dengan teratur.
      * Mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukainya.
      * Juga.. “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.
      * Mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya.
      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan.
      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Bunda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Bunda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.
      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda.
      * Jika bayi Bunda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari.

      Ini adalah proses yang panjang, namun anak Bunda akan berterima kasih suatu hari nanti ! ;)

      Untuk Vitamin.. Vitamin dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil. Kebutuhan ini biasanya terpenuhi dari makanan, terutama makanan atau susu yang telah diperkaya oleh berbagai macam vitamin dan mineral. Oleh karena itu, perlu hati-hati menentukan apakah seorang anak kekurangan vitamin sehingga membutuhkan multivitamin.

      Oleh karena itu, konsultasikan dengan DSA Anda apakah Bayi Anda butuh multivitamin tambahan.

  4. umi aini March 5, 2014 at 7:24 am #

    terima kasih infonya tips. Mau nanya, dari info beberapa orang teman anak-anaknya ada yang tidak mengalami fase tengkurap, duduk dan merangkak, jadi langsung bisa jalan saja. Apakah hal seperti itu wajar tips? soalnya anak saya sudah 6 bulan sepertinya masih belum mau tengkurap. Dari umur 4bln lebih sudah bisa miring sendiri, tapi sampai skrg blm bisa tengkurap sendiri. Sebelumnya sudah dilatih, tapi dia klo ditengkurapkan malah sibuk ngemut jari.

    • tips-bayi March 27, 2014 at 2:27 am #

      umi aini,

      Merangkak merupakan transisi antara duduk dan berdiri ini, tidak harus ada pada setiap bayi. Ia bukan milestone atau tonggak penting perkembangan, seperti halnya duduk ataupun berdiri yang memang harus ada. Dan sepertinya anak teman umi tetap belajar duduk dulu ya Umi..

      Pendek kata, merangkak tak dipakai sebagai suatu patokan penting untuk pertumbuhan. “Bukan sebagai kunci penting. Ada anak yang tanpa merangkak dan langsung berdiri juga boleh-boleh saja.” :-)

      Perkembangan kemampuan setiap bayi itu berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan… Dan bahkan terkadang ada juga yang tidak melalui tahapan yang biasa. Misalnya tidak merangkak tapi langsung berdiri dan berjalan. Ada juga yang ngesot tidak merangkak.. Jadi setiap bayi akan berbeda.. Keturunan sangat berpengaruh.. Dan Umi tidak harus khawatir kalau bayinya belum bisa tengkurap..

      Untuk melatih tengkurap, Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu .. ;)

  5. Diah Mutiara Sari December 14, 2013 at 5:39 am #

    Anak saya lahir dengan bb 3,6 kg dan sekarang usianya sudah 4 bulan dengan bb 7,2 kg.
    Sampai sekarang dia belum bisa memiringkan badannya sendiri.pernah sih sesekali saya melihat dia miring.tetapi kalau diposisikan miring,dia bisa tengkurep sendiri,dan kepalanyapun sudah bisa tegak dalam waktu yang lama,malah dia pernah membalikkan sendiri badannya dari posisi tengkurep ke telentang.
    Kenapa yah,dia belum mau miring sendiri?dan bagaimana stimulasi agar dia mau miring sendiri?
    Terimakasih tipsbayi……

    • tips-bayi December 31, 2013 at 2:42 am #

      Diah Mutiara Sari,

      Cara menstimulasi bayi memiringkan badannya, Bunda bisa memperlihatkan benda berwarna cerah di samping badan bayi Bunda. Biarkan bayi menoleh dan usahakan agar tertarik dengan benda tersebut, jika tertarik maka nantinya bayi akan berusaha memringkan badan dan berusaha meraihnya.. Selamat mencoba.. ;)

  6. indah December 6, 2013 at 7:33 pm #

    anak saya 6bulan tanggal 29 desember bsok.
    banyak orang pada bilang kalau selama 6bulan belum bisa tengkurap harus waspada.
    sekarang ini saya mencoba untuk menungkerapkan dia. waktu tengkurap dia sekarang bisa menegakkan kepala bahkan kadang bisa balik sendiri.
    tapi jika dia ngak bisa balik ngerengek.
    padahal saya melakukannya hanya 5menit.

    • tips-bayi December 10, 2013 at 8:10 am #

      indah,

      Terlihat bayinya sehat.. sudah bagus bisa balik sendiri.. :)

      Untuk melatih tengkurap, Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu..

    • indah December 18, 2013 at 11:53 pm #

      alhamdulillah bund.. anak saya kepalanya sudah tegak. sudah hampir 5hari anak saya mau tengkurep tapi ngak bisa”.. sama ayah.e di tengkurep.n akhirnya soal ngak tega.
      terus dia mbalik sendiri..
      lucu ngeliatnya..

      • tips-bayi January 3, 2014 at 3:17 am #

        indah,

        Alhamdulillah… Sudah tegak ya..
        Untuk melatih tengkurap, Bunda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Bunda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Bunda bisa melihat kesiapan bayi Bunda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Bunda trauma lantas malas tengkurap lagi..

        Jangan menengkurapkan bayi Bunda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu.. :)

  7. indah November 29, 2013 at 3:58 am #

    anak saya berumur 5bulan sekarang ini. beratnya 6kg soal lahir 2kg.
    alhamdulillah dya bisa miring sekarang tapi belum bisa tengkurep dan angkat kepala?
    bagaimana solusinya?
    kalau ditengkurep.n kepalanya masih dibawah.

    • tips-bayi November 30, 2013 at 7:09 am #

      indah

      BB anak Bunda masih termasuk NORMAL.. karena termasuk 90% BB normal untuk anak Indonesia.. ;)

      Alhamdulillah kalau bayi Bunda sudah bisa miring..;-)

      Kepala belum bisa tegak..? Bunda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan, termasuk tengkurep.

      Sementara bantu saja dulu bayi Bunda tengkurap.

  8. Bunda Al fatih November 7, 2013 at 8:39 am #

    Selamat sore. Anak saya 11 hari lagi genap 6 bln tapi dy blum lincah tengkureb nya bs dbilang males. apakah itu wajar??

    • tips-bayi November 12, 2013 at 6:18 am #

      Bunda Al fatih

      Perlu diketahui Bun…perkembangan kemampuan bayi, misalnya tengkurep, duduk atau berjalan sifatnya individual berbeda bayi satu dengan yang lainnya, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.. Ada yang cepat di awal-awal atau juga ada yang cepat di kemudian harinya.. jadi Bunda jangan terlalu khawatir…;-)

  9. peter September 13, 2013 at 6:26 pm #

    selamat pagi tipbaby saya tau tanya,kenapa anak saya setiap ditengkurapain selalu nangis ya.usia anak saya udah 5bulan 1minggu.klo dia tungkurap sendiri kadang” mau kadang”tidak mau.kemarin dia mau tungkurap sendiri dan balik terlentang lagi tapi diketawain sm ponakanya terus sampai sekarang dia tidak mau tengkurap lagi.apa karena ditawain jadi dia tidak mau lagi.terima kasih tipbaby..:-):-)

    • tips-bayi September 20, 2013 at 7:02 am #

      peter,

      Pagi..

      Hmm.. BB bayi Anda berapa..? Kalau BB lebih biasanya memang bayi akan tidak betah jika tengkurap atau bahkan kesulitan untuk tengkurap sendiri..

      Sementara bantu saja dulu bayi Anda tengkurap, jika sudah lancar tidak akan kesal gitu kok.. Bahkan nantinya posisi tengkurap akan jadi posisi favorit bayi Anda.. Berikan semangat pada bayi Anda jangan sampai bayi Anda kesal atau terpaksa.. ;)

      • peter September 21, 2013 at 3:44 pm #

        berat badannya 6,8 tinggi badan 67.klo baby tidak mau tungkurap bahaya ga?soalnya sebelum dia diketawain dia mau tungkurap sendiri n balikin badanya sendiri.aoa itu pengaruh ya.terima kasih

        • tips-bayi September 25, 2013 at 4:41 am #

          peter,

          Oh iya.. benar.. BB memang berpengaruh juga pada perkembangan kemampuannya.. kalau keberatan ya memang agak malas untuk berusaha tengkurap sendiri. Sebaiknya Anda bantu terus bayi Anda untuk tengkurap, jika sudah lancar bayi Anda tidak akan kesal.. Berikan semangat pada bayi Anda jangan sampai bayi Anda kesal atau terpaksa.. ;)

  10. mawi August 9, 2013 at 3:42 pm #

    anak saya usia 4bulan-an, sudah belajar tengkurap sendiri, sehari dia bisa berusaha sendiri sampai 4x, tapi selalu menangis kesal ntah karena tidak bisa tenkurap atau apa, apakaah hal ini wajar, mengingat dia selalu nangis+ menjerit setiap mencoba tengkurap?

    • tips-bayi August 12, 2013 at 4:11 am #

      mawi,

      Hmm.. wajar, kesal karena belum lancar tengkurap.. :-)
      Sementara bantu saja dulu bayi Anda tengkurap, jika sudah lancar tidak akan kesal gitu kok.. Bahkan nantinya posisi tengkurap akan jadi posisi favorit bayi Anda..

  11. uni May 25, 2013 at 6:53 pm #

    dok, bayi saya sekarang umurnya hampir 5m, pas dia 4m kok tidurnya kadang tengkurep sendiri ya dok, meskipun awalnya saya telentangkan, bahaya tidak dok, dia sudah bisa balik dari tengkurep pas 3w tapi baru bisa tengkurep sendiri pas 3,5m n lancar bolak balik 4m, abis itu dia tidurnya tengkurep sendiri dok, bagaimana itu dok?

    • tips-bayi May 30, 2013 at 6:54 am #

      uni,

      Memang tengkurap adalah posisi favorit kebanyakan bayi.. Untuk posisi tengkurap memang membuat hangat pada dada dan nyaman, akan tetapi Anda harus lebih hati-hati dengan sprey dan barang-barang di sekitar bayi Anda jangan sampai mengganggu menghalangi pernafasannya.. ;-)

      • devi June 14, 2013 at 5:47 am #

        halo. salam kenal. maw tny bayi saya umur4 bln sdh prnah miring sdri tpi suka males miring2 lg. jd skrg jg blm tengkurap. klo d stimulus pake mainan cm ditoleh sajq tpi dia g miring. klo dlatih tengkurap dia sdh bisa menegakkan kepalany. tpi klo lama2 dia cape jd nangis. lamany cm sekitar 30detik.skrg bbny nya 6,5kg tinggi 65csaya mwlahirkan di akhir minggu ke 37 dgn normal. apa lbh maju 2mgu dri hpl itu brpengaruh ke tumbuh kmbangny y?trims

        • tips-bayi June 18, 2013 at 7:38 am #

          devi

          BB bayinya NORMAL …karena termasuk BB ideal untuk bayi Indonesia… tinggi badannya termasuk 90% dengan BB dan usianya,

          Bunda tidak perlu khawatir… perkembangan setiap bayi memang tidak sama, normal kok.. Dilatih terus saja tengkurapnya. . ;-)

  12. vita May 17, 2013 at 1:56 pm #

    Anak saya bbrp hari lg 4bln. Tp sd skr blm bisa miring dan tengkurap sendiri. Selalu dibantu miringin kemudian didorong biar tengkurap. Kepalanya jg blm bisa tegak ketika tengkurap. Apakah normal?
    Terakhir nimbang umur 3m11d bb 7,8 kg tb 67cm. Skr perkiraan 8,3kg

    • tips-bayi May 22, 2013 at 6:14 am #

      vita

      Tidak perlu khawatir bunda perkembangan setiap bayi memang tidak sama, normal kok.. Dilatih terus saja tengkurapnya. . ;-)

  13. siti May 15, 2013 at 12:58 pm #

    anak saya uda umur 7 bulan..tp ko msh males tengkurap y??pdhal kadang bisa tengkurep trus balik lg sendiri.tp frekuensix jarang bgt.knp y bun??ada mslh g ma bayi saya…tolong dbntu dong saya jd khwatir ne

    • tips-bayi May 21, 2013 at 4:53 am #

      siti,

      Tidak perlu khawatir bunda perkembangan setiap bayi memang tidak sama. Dilatih terus saja tengkurapnya. . ;-)

  14. sunarti May 15, 2013 at 2:48 am #

    dear tips bayi, bayi saya berumur 2 bulan 3 minggu, BB 8kg TB 65cm. lahir dengan BB 3.5kg TB 49cm. minum full sufor mori**** BMT. yg ingin saya tanyakan, apakah bayi saya termasuk overweight? jika iya, apa yg harus saya lakukan? mohon tanggapan nya, terima kasih

    • tips-bayi May 28, 2013 at 2:37 am #

      sunarti,

      Memang Bun.. BB bayi Bunda termasuk besar dibanding dengan teman seusianya, BB tersebut untuk BB ideal usia 7 bulan. Akan tetapi masih dikatakan BB bayi Bunda seimbang dengan tingginya. Jadi bayi bunda overweight tapi tidak obesitas..

      Seorang bayi menjadi overweight karena intake-nya lebih. Kalau masukannya lebih, tentu harus disimpan dalam bentuk kenaikan berat badan.

      Jadi.. memang sebaiknya mempertahankan ASI sampai bayi Bunda berusia 2 atau 2,5 tahun, akan tetapi karena bayi Bunda tidak diberikan ASI maka Bunda tinggal tunda pemberian MPASI sampai usia 6 bulan.. dan jika nanti sudah mendapat MPASI buat pola makan yang baik dengan menu buatan sendiri.. Itu cara mencegah obesitas.. Karena pemberian MPASI terlalu dini (dibawah 6 bulan) bisa membuka peluang obesitas.. ;-)

  15. Ibu Lia April 27, 2013 at 5:38 am #

    Anak saya umur 3bulan tp knapa ya dok,mles miring.klo d miringin ntar blk lagi

    • tipsbayi April 27, 2013 at 6:39 am #

      Ya bunda, memang harus sabar, apalagi baru usia 3 bulan ;)

  16. ita April 15, 2013 at 4:28 am #

    bun anak quw usia 4 bln, BB 7,3 n TB 56. tapi sampai skrang belum bisa tengkurap, hanya miring2kan badan ke kanan dan kekiri tapi kalau di tengkurapkan dia sudah bisa tegakkan kepala. apa dia terlalu gumuk yah..??? usia berapa bayi tengkurap?

    • tipsbayi April 15, 2013 at 1:38 am #

      Memang BB-nya di atas rata-rata anak seusianya. Dilatih terus saja bunda…

  17. retno March 5, 2013 at 5:19 am #

    dear tips bayi. anak saya umur 10 bulan makan n minumnya banyak tp tidak gemuk cupa perutnya aja yang kelihatan besar.apakah anak saya normal?

    • tips-bayi March 9, 2013 at 12:04 am #

      retno,

      Perut buncit ..? Buncit seperti apa ya..? Biasanya perut bayi memang tidak sama dengan perut anak atau dewasa. Masih terlihat buncit.

      Bunda takut bayi Bunda cacingan..? Tidak lah.. Adapun tanda-tanda atau gejala cacingan antara lain, perut buncit, badan kurus, rambut seperti rambut jagung, lemas dan cepat lelah, muka pucat, serta mata belekan…

      Jika bayi Bunda kelihatan aktif dan tidak rewel.. Bunda jangan Khawatir…

      • Henny April 21, 2014 at 5:24 pm #

        Bayi saya baru berumur 4 Bulan, tetapi sudah aktif menengkurapkan badannya dan membalikkan sendiri dalam keadaan terlentang…
        tetapi anak saya kalau tidur maunya tengkurap, walaupun sudah terlelap saya bantu untuk merubah posisinya dari tidur tengkurap menjadi tidur terlentang.
        ini menjadi masalah atau tidak ya tips? jika bayi saya sering tidur dengan posisi tengkurap?

        • tips-bayi May 3, 2014 at 6:51 am #

          Henny,

          Insya Alloh tidak akan masalah.. Posisi bayi tidur tengkurap akan melatih paru-parunya menjadi kuat. Jadi untuk bayi yang belum tengkurap, ada baiknya sesekali ditidurkan dengan posisi tengkurap, tentu saja dengan pengawasan.

          Meski demikian, bayi yang ditengkurapkan haruslah cukup bulan. Dengan demikian, bayi sudah bisa memindahkan kepalanya sendiri. Bila kemampuan ini belum dimiliki, dikhawatirkan muka bayi tertelungkup tertutup kasur dan menyebabkannya sulit bernapas.

          Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait dengan bayi tidur tengkurap :

          * Upayakan alas tidur bayi rata. Ada baiknya tidur di atas kasur busa yang padat.
          * Gunakan sprei dengan rapi dan tidak mudah mengkerut.
          * Lepaskan bedong saat bayi Anda tidur, agar tidak mengganggu pernafasannya. Lepaskan kain bedong dari tubuh bayi saat akan ditengkurapkan. Jangan lupa, bayi masih bernapas melalui perut, dibedong hanya akan mengganggu gerak pernapasan perutnya, apalagi bila bayi sedang tidur tengkurap.

          Pastikan saat bayi kita tidur tengkurap adalah posisi hidung bayi, jagan sampai tertutup.
          Temani bayi Anda saat ia tidur. Jangan pernah ditinggal-tinggal sendiri untuk waktu yang cukup lama.. ;)

  18. mama arya February 27, 2013 at 6:23 am #

    lam knal,
    mau nanya dunk…
    anak sy lahir dgn bb 4.5, tb 53,
    1minggu lg usiany 3bln,
    skrg bb ny 7.6, tb 67,
    apa anak sy termasuk over weight y?
    trz kr2 berpengaruh g y bt proses tengkurapny nanti?
    mohon saranny,
    trimakasih

    • tips-bayi February 27, 2013 at 7:13 am #

      mama arya

      Bayi Bunda bukan gemuk, tapi tinggi besar.. Perbandingan BB dan TB termasuk ideal.. hanya untuk usia segitu memang termasuk besar.. Maka untuk bisa tengkurap sendiri agak sedikit terlambat karena dipengaruhi BB juga Bun.. Jangan khawatir..

      Sebaiknya pertahankan ASI sampai bayi Bunda berusia 2 atau 2,5 tahun dan tunda pemberian MPASI sampai usia 6 bulan.. dan buat pola makan yang baik dengan menu buatan sendiri.. Itu cara mencegah obesitas.. Karena pemberian MPASI terlalu dini (dibawah 6 bulan) bisa membuka peluang obesitas..;-)

      • jessica February 28, 2013 at 5:12 am #

        Siang, bayi saya lahir saat 36 minggu dengan bb 2,4kg dan tb 49cm,
        Sekarang berumur 3,5 bulan, dengan bb 6,7kg dan tb 66 cm
        Apakah bb dan tb anak saya Termasuk bagus sekarang?
        Kenapa sampai sekarang kepala masih belum bisa tegak? Hanya bisa angkat selama 2 detik aja kalau tengkurap, dan tidak suka tengkurap.
        Mohon sarannya.tx

        • tips-bayi March 5, 2013 at 6:11 am #

          jessica

          BB bayinya NORMAL …karena termasuk BB ideal untuk bayi Indonesia… tinggi badannya termasuk ideal dengan BB dan usianya,
          .
          Kepala belum bisa tegak..? Bunda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan, termasuk tengkurep. Untuk awal-awal sepertinya bayi tidak suka tengkurap ya.. Tapi nantinya itu akan menjadi posisi favoritnya.. ;-)

    • ayu andira December 5, 2013 at 2:42 am #

      Bayi saya skrng berumur 3 bln 2 mnggu, tpi dia blum bsa angkt kpla tegak, klu di gendong slalu brat ke kiri , apakh bayi saya di ktakn normal dok, tlng bri solusi nya agr bayi saya bsa angkt kpla dngn tgak lrus dan tdak brt ke kiri

      • tips-bayi December 9, 2013 at 7:01 am #

        ayu andira,

        Usia segitu belum tegak masih wajar Bun.. jangan terlalu khawatir. Cobalah dengan membiasakan gonta-ganti posisi tidur.
        Seperti berat ke kiri karenan belum bisa tegak. Insya Alloh nantinya jika sudah bisa menegakan sendiri tidak akan terlihat.

  19. ayu via January 24, 2013 at 9:12 am #

    ank sy wktu lahir BB 3,9kg PB 49cm, stelah 2minggu beratny 4,1.
    1bln BB 6kg PB 58 cm, 2bln BB 6,9 kg PB 61, trus 4bln BB 8kg PB 70cm.
    tgl 23 kmrn ank sy 5bln.
    uda sy beri MPASI shari cuma 1x,soalny tiap liat sya makan,dy nangis mau minta.
    skrg dy baru bisa miringin badan aja tp blm bisa tengkurap sndiri,
    apa anak sy trlalu gemuk y?? ap dy perlu diet? trmksh

    • tips-bayi February 5, 2013 at 1:20 am #

      ayu via,

      Obesitas pada anak diklasifikasikan berdasarkan hasil pengukuran berat badan dibandingkan panjang badannya. Dikatakan obesitas ringan bila perbandingan berat terhadap panjang badan antara 120-135%, sedangkan disebut obesitas berat bila perbandingan berat terhadap panjang badannya antara 150-200%.

      Bayi Bunda bukan gemuk, tapi tinggi besar.. Perbandingan BB dan TB termasuk ideal.. hanya untuk usia segitu memang termasuk besar.. Maka untuk bisa tengkurap sendiri agak sedikit terlambat karena dipengaruhi BB juga Bun.. Jangan khawatir.. ;-)

      Bayi Bunda tidak perlu diet.. hanya saja tetap porsi dan jadwal makan harus terpola dengan baik.. Pertahankan pemberian ASI sampai usia 2 atau 2,5 tahun..

  20. Nurul December 15, 2012 at 1:39 am #

    dear tips bayi : bayi saya khalisah udah 4 bulan lebih belum tengkurap sendiri . padahal waktu 1 bulan ska dtengkurepin . kpalanya udah tegak bgt malahan kalau digendong ga mau diorok2 .
    bbnya 6,3 . tidur sih miring2 terus kadang telentang . kalau ditengkurepin suka lama sampai dia kelelahan . apakah ini normal ?terus kalau mau merangsang khalis tengkurap sendiri gimana caranya ?
    makasih banyak ya sebelumnya .

    • tips-bayi December 18, 2012 at 3:40 pm #

      Nurul,

      BB nya termasuk bagus dan ideal dengan usianya..
      Perkembangan bayi Anda termasuk NORMAL Bun..
      Anda bisa melatih si kecil untuk tengkurap. Letakkan mainan yang menarik perhatiannya di dekatnya ketika ia sedang tengkurap, atau letakkan cermin di hadapannya sehingga ia terangsang untuk mengangkat kepalanya dalam waktu yang agak lama. Dengan sering berlatih, mudah-mudahan si kecil bisa!

      Anda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. ;-)

  21. amalia December 12, 2012 at 1:20 am #

    Anak saya umur 4 bulan dan BB 9kg an lebih, apa itu kelebihan ato pas.. Trs smpe saat ini msh belom bsa tengkurap dan balik sendiri..

    • tips-bayi December 12, 2012 at 4:11 am #

      amalia

      Hmm.. itu memeng lebih Bun.. Itu BB untuk usia 9 bulanan, makanya untuk tengkurap dan balik sendiri bayi Bunda agak sedikit kesulitan.. Akan tetapi Bunda jangan khawatir.. Oh ya TB-nya berapa..? Kalau ideal dengan tingginya tidak masalah..

      Jika orang tuanya gemuk, kemungkinan anaknya gemuk 40%. Jadi berarti ada 60% faktor lain penyebab gemuk seperti lingkungan, gaya hidup, asupan gizi, dan pengeluaran kalori.

      Seorang bayi menjadi overweight karena intake-nya lebih. Kalau masukannya lebih, tentu harus disimpan dalam bentuk kenaikan berat badan.

      Jadi.. sebaiknya pertahankan ASI sampai bayi Anda berusia 2 atau 2,5 tahun dan tunda pemberian MPASI sampai usia 6 bulan.. dan buat pola makan yang baik dengan menu buatan sendiri.. Itu cara mencegah obesitas.. Karena pemberian MPASI terlalu dini (dibawah 6 bulan) bisa membuka peluang obesitas.. ;-)

      • amalia December 16, 2012 at 6:15 am #

        TB nya itu 63, pas lahir beratnya 3,4 dan TB 50..
        Iya saya asi ko, emang sih saya sm suami saya tinggi berat bdn saya 55..
        Saya khwtr mangknya tktnya baby saya obesitas,

        • tips-bayi December 19, 2012 at 11:20 pm #

          amalia,

          TB 63 ideal dengan usianya.. Jangan khawatir Bun, masih ringan.. Perhatikan saja asupan dan pola makannya juga ASI dan MPASI sendiri..

          Obesitas pada anak diklasifikasikan berdasarkan hasil pengukuran berat badan dibandingkan panjang badannya. Dikatakan obesitas ringan bila perbandingan berat terhadap panjang badan antara 120-135%, sedangkan disebut obesitas berat bila perbandingan berat terhadap panjang badannya antara 150-200%.

  22. Eva November 11, 2012 at 12:24 pm #

    Ass.. Lam knaL TB..
    Anak sy biLqis.,wkt Lhir BB nya 2,4kg..,n skrg usia nya sdh 2 bLn dg BB 4kg.. N kL tdr.,dy Lbh nyman ke sebeLah knan (peang)..
    Yg mau sya tnyakan.,
    1. Apakah normaL dg BB nya..??
    2. Bgmn cra nya supya membuat dy nyman tdr menghadap sebeLah kiri..??
    Oy TB.,biLqis dr usia 1 bLn Lbh tdr nya udh miring”.,ky mau tengkurp..

    • tipsbayi November 13, 2012 at 6:12 am #

      @Eva,

      1. BB masih normal Bun, masih 80% BB seusianya.
      2. Coba Anda menyusuinya secara bergantian, kiri dan kanan, sehingga ia terbiasa dengan kedua sisi tidur tsb…

  23. neng mumun November 5, 2012 at 1:39 pm #

    Halo tips bayi,
    Anak saya satu minggu lagi berumur 2bulan. Dia reflek moro (betul kan)? Kagetan sekali.. Dan sangat gendongan, karena dibiasakan ditidurkan dengan digendong oleh neneknya. Maklum cucu pertama..
    Sudah 3malam ini dia saya tidurkan tengkurap. Tidurnya lebih pulas.. Bangun apabila popoknya basah atau mau nen. Biasanya pola: tidur sebelum jam 9 malam, bangun jam 11 utk menyusu.. Tidur lagi saya tengkurapkan lagi. Bangun lagi jam 2 atau 3 menyusu, tengkurap lagi.. Begitu seterusnya. Tapi biasanya jam 4pagi bangun dan melek terus.
    Yang ingin saya tanyakan, aman kah semalaman menidurkan bayi umur segitu tengkurap? Terima kasih.

    NB: dia saya tengkurapkan setelah menyusu dan memang gumoh, jadi saya akan merubah kebiasaan itu. Berapa lamakah kira2 jeda dari menyusu ke tengkurap?

    • tipsbayi November 6, 2012 at 1:40 am #

      @neg mumun,

      Memang sebaiknya tidur tengkurap tidak langsung setelah menyusu Bun. Pastikan dia sudah bersendawa, dan tunggu sekitar 10-15 menit sebelum ia tengkurap. Dan usahakan jangan sampai semalaman begitu Bun, karena sebaiknya tetap Anda awasi, apalagi usianya masih 2 bulan, dikhawatirkan reaksi motoriknya belum sempurna untuk menghindari sesak napas… atau salruan pernapasan tertutup.

  24. pipi October 13, 2012 at 1:04 pm #

    mau share sedikit ya mbak :) bayi saya 4m 3d tapi sampai saat ini masih belom bisa tengkurep sendiri, tapi klo di tengkurepin sih suka, dan lumayan lama, dy juga suka sambil ngangkat2 kepala gtu, saya coba menstimulasi nya dengan mainan yg saya letakan d sampingnya, tp kaya nya dy tdk tertarik, makanya cuekk aja, 3 minggu kebelakang dia udah sempet bisa memiringkan badannya dan klo saya tengkurepin dy udah bisa bergeser ke kiri/ kanan,,tp diperhatiin skrg2 dy ga gtu lagi, klo d tengkurepin ya udah posisi nya gtu 2 aja, trus memiringkan badan juga udah g lagi. saya jadi rada khawatir.. apanya yg salah ya? oya baca dr komen2 di atas katanya bayi jgn d tengkurepin klo abis nyusu?emang knp mbak, karna klo siang2 dy abis nyusu kan suka langsung tidur tuh, nah tidurnya suka aku tengurepin.. bahayakah?

    • tipsbayi October 16, 2012 at 1:29 am #

      @pipi,

      Memang Bunda harus sabar dan konsisten untuk melatih si kecil. Coba berbagai cara untuk membuatnya aktif, seperti benda-benda berwarna cerah, berbunyi, dsb, yang bisa menarik perhaitiannya.

      Kalau setelah menyusu, memang jangan langsung ditengkurapkan Bun, khawatir nanti muntah. Sama saja seperti kita Bun, kalau setelah makan langsung tengkurap, rasanya makanan mau keluar lagi bukan?

      • mommy ocha October 31, 2012 at 1:22 pm #

        bayi ku usia 5 bulan tapi belum bisa tengkurep dia udh bisa miring2 tpi posisi tengkurep nya belum sempurna itu gmna. n keplanya rata atw peang itu harus gmna ya apa kepala nya bisa sempurna lg gk

        • tipsbayi November 1, 2012 at 2:22 am #

          @mommy ocha,

          Ya caranya seperti yang kami terangkan Bun… ditengkurapkan dan dilatih terus dengan sabar. Baca juga kepala peang. Usahakan sesegera mungkin diatasi Bun dengan dibiasakan tengkurap…

  25. tips-bayi@mila August 31, 2012 at 12:18 am #

    tolong minta info’y donk

  26. mila August 31, 2012 at 12:09 am #

    mengapa sitwins sy lom jg tengkureb padahal dah usia 6bln?

    • tips-bayi September 7, 2012 at 2:16 am #

      @ mila,

      Anda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.

      Untuk melatih tengkurap, Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu

      • Essy September 11, 2012 at 3:54 pm #

        Saya punya baby ,kepalanya dibelakang agk lepes bisa terbentuk lagi ngk ya dok,kalau usianya uda 5 bulan ,saya minta tolong,solusinya gimana ya dok.

        • tips-bayi September 19, 2012 at 7:47 am #

          @ Essy,

          Bentuk kepala bayi Anda masih akan terus berubah. Hal ini karena sambungan antar tulang-tulang tengkorak yang terdiri dari tulang rawan dan ubun-ubun baru mulai mengeras di usia 9 bulan dan menutup sempurna pada usia 18 bulan.

          Usia bayi Anda masih dibawah 9 bulan maka dengan membiasakan gonta-ganti posisi tidur akan merubah bentuk kepala, bentuk kepalanya akan bagus, tidak peyang sebelah..

          Jadi manipulasi posisi tidur sangat berpengaruh. Maka posisikan tidur bayi Anda bergantian dan berfariasi.. Meskipun demikian, tetap dipengaruhi juga oleh keturunan atau bawaan lahir.. ;-)

    • febi November 6, 2012 at 6:42 am #

      sama bunda, bayi saya umur 6bulan juga belum bisa tengkurap/berguling sendiri. kalau ditengkurapin,dia sih sudah bisa mengangkat kepala. kenapa ya?apa karna bayi saya aga gendut, usia 6bulan beratnya sudah 9.5kg.

      • tipsbayi November 8, 2012 at 4:08 am #

        @febi,

        Hehehe… :) Sepertinya ya tuh Bun, memang ‘chubby’ banget untuk usia segitu…

  27. yeyen July 27, 2012 at 2:23 pm #

    Anakku usia 4 bulan lebih bisa tengkurap, tp itu d balik sm aq, masuk usia 5 bulan dia br bisa tengkurap sendiri, tapi sering sandarin kepala d alas klo kecapean, skrg usianya 5,5 bulan beratnya 7,5 tp tengkurapnya masih gitu2 aja, belum bisa menopang badannya dengan tangan, apakah normal ya?bagaimana cara melatihnya?

    • tips-bayi August 25, 2012 at 2:18 am #

      @ yeyen,

      Hmm.. BB bayi Anda bagus, meskipun sediki lebih dari BB ideal usia 5 bulan.

      Bayi Anda NORMAL kok.. Perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda. Banyak faktor yang mempengaruhi, termasuk berat badan. Anda jangan khawatir.

      Bayi Anda sudah tidak harus dilatih lagi tengkurap.. hanya tinggal dibiasakan saja secara perlahan.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu ;-)

      • nila April 26, 2013 at 1:47 am #

        Pagi, mau tanya donk, baby saya angelica sudah 6bln lebih dengan bb 6.8kg tb sudah tidak pernah di ukur nih, kok blm bisa tengkurap ya, kalau di tengkurapin dia bisa angkat kepala tp ga lama nangis kecapekan…. 17 mei sudah 7bulan, apa anak saya termasuk normal??? Biasa dia suka miring kiri kanan saja, kalau di gendong sudah bisa berdiri and maulai mau loncat gitu, thanks

        • tipsbayi April 26, 2013 at 6:30 am #

          Tidak perlu khawatir bunda perkembangan setiap bayi memang tidak sama. Dilatih terus saja tengkurapnya ;)

  28. aah June 22, 2012 at 5:08 am #

    Assalamualaikum,mbak,mf mau tanya anak saya baru berumur 43 hari,cara tidur miring kanan atau miring kiri itu hanya kepalanya saja atau seluruh badannya?terimaakasih ditunggu banget jawabannya

    • tips-bayi June 25, 2012 at 1:09 pm #

      @ aah,

      BAyi Anda baru nerumur 43 hari ya…? Untuk tidur miring itu seluruh badannya… ;-)

    • fitri April 13, 2014 at 11:19 am #

      ass. Tb maaf mau tanya kan bayi saya umur nya 3 blan 5 hari dia suka miring miring ke kanan trus gk prnh ke kiri . apakah itu normal? dan klo di tngkurepin kepala nya blm tegak apakah itu normal ? klo di beri mainan blum mau mengambil tpi klo dngar yg bunyi dya slalu trsnyum …. mksih tb

      • tips-bayi April 23, 2014 at 7:10 am #

        fitri,

        Miring terus ke kanan ya..? NORMAL Bun.. rubahlah oleh kita sesekali miring kiri, karena nantinya akan berpengaruh pada bentuk kepala.

        Kepala belum tegak masih NORMAL Bun.. Berikut ini cara sederhana melatih bayi mengangkat kepalanya:

        . Tengkurap: Lakukan latihan ini beberapa kali sehari. Semakin sering berlatih, bayi Bunda kian mahir. Letakkan mainan menarik di dekatnya agar ia bertahan dalam posisi ini agak lama.
        . Rangsangan: Letakkan sebuah cermin (yang tidak dapat pecah terbuat dari bahan serupa plastik) di hadapannya atau ambillah posisi face-to-face. Biarkan ia bereksplorasi melihat dirinya sendiri pada cermin atau mengenali wajah Bunda sambil berbicara

  29. andi May 26, 2012 at 2:15 am #

    bayi saya sekarang 5 bln bila ditengkurapkan belum bisa menanggakkan kepala,pada usia 2,5bln 2x anak sy bawa ke dokter karena banyak lendir pada saluran pernapasannya oleh dokter menyatakan bayi sy mengarah kedown sindrom,bagaimana mengatasinya dok

    • tips-bayi June 16, 2012 at 1:00 am #

      @ andi,

      Mohon dipahami bahwa Tips Bayi bukanlah tim dokter spesialis anak (DSA). Jika Anda perhatikan, di setiap halaman situs kami terdapat catatan kaki, “…Informasi yang disediakan di TipsBayi.com dimaksudkan untuk melayani para orang tua dan calon orang tua dalam merawat bayi dan merupakan tambahan dari sumber-sumber lain, sehingga tidak boleh dianggap dapat menggantikan konsultasi medis…”

      Untuk Lebih jelasnya, sebaiknya Anda hubungi DSA yang menangani bayi Anda dan Anda tanyakan secara detail apa dan bagaimana penanganannya..

      Semoga bayi Anda kembali sehat.. :-)

  30. dita April 23, 2012 at 7:45 am #

    anakku usianya 3,5 bulan saat ini,kalo tidur senengnya kepalanya miring,kalo tengkurap pas lagi main aja siang2 gitu,saya ingin tanya kepala bayi itu kapan kuat nya yah?….pada saat saya menggendongnya dalam keadaan berdiri kepala nya masih saya pegang,belum bisa tegak sendiri,jadi belum bisa pake gendongan depan juga,masih gendongan samping

    • tips-bayi May 2, 2012 at 5:33 am #

      @ dita

      Tidur posisi miring memang baik untuk perkembangan tengkorak kepala bayi Anda.. ;-)

      Bentuk kepala bayi Anda masih akan terus berubah. Hal ini karena sambungan antar tulang-tulang tengkorak yang terdiri dari tulang rawan dan ubun-ubun baru mulai mengeras di usia 9 bulan dan menutup sempurna pada usia 18 bulan.

      Untuk mengurangi resiko bantuk kepala rata pada bayi, maka dengan melatih dan membiasakan tengkurap adalah salah satu solusinya. Anda bisa membaca artikel kami tentang posisi tidur tengkurap pada bayi di:

      http://www.tipsbayi.com/index.php/waktunya-tengkurap

  31. anggi April 22, 2012 at 12:10 pm #

    saya mau tanya donk, anak saya umurnya 6 bulan 11 hari, beratnya 5,8 kg tingginya 58 cm, sampe sekarang dia blm bisa tengkurep sendiri, dan klo dibantu untuk tengkurep dia suka menolak dan akhirnya menangis. memang sih waktu dia lahir dlm keadaan terlilit tali pusat dan tdk menangis, dan juga sempat diberikan oksigen dan setelah itu dia baru menangis, apakah hal ini dapat berpengaruh pada perkembangannya? tolong dong tips dan bantuannya, apa yg harus saya lakukan? terima kasih atas jawabannya

    • tips-bayi May 2, 2012 at 4:45 am #

      @ anggi

      Anda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. , kakak beradik juga tidak akan sama.. ;-)

      Boleh saja untuk melatih tengkurap, Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu .. ;-)

  32. anang March 5, 2012 at 2:32 am #

    untuk sobat tip bayi,ni saya mau tanya, anak saya sudah berusia 4 bulan kurang 3 hari kok belum bisa tengkurap,tapi sudah belajar tengkurap dalam keadaan miring,tu di sebabkan karna apa sob………..tolong di komen ya sob…..

    • tips-bayi March 9, 2012 at 3:45 am #

      @ anang,

      Hmm.. BB bayi Anda berapa kilogram ya..? Karena BB juga ada pengaruh juga, meskipun demikian tidak selalu juga..

      Anda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan… Dan bahkan terkadang ada juga yang tidak melalui tahapan yang biasa. Misalnya tidak merangkak tapi langsung berdiri dan berjalan. Ada juga yang ngesot tidak merangkak.. Jadi setiap bayi akan berbeda.. terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. Keturunan sangat berpengaruh.. ;-)

      Sering saja Anda melatih bayi Anda tengkurap. Biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu ..

  33. farichah February 27, 2012 at 3:41 am #

    anak saya sejak umur 2 bulan sudah say biasakan tengkurap, sekarang umur 4 bulan tapi belum bisa tengkurap sendiri? saya bingung giman caranya ya?

    • tips-bayi March 5, 2012 at 3:31 am #

      @ farichah,

      Insya Allah tidak ada masalah.. hanya masalah waktu, jika sudah waktunya insya Allah akan tengkurap juga.. ;-)

      Anda jangan khawatir perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.

      Boleh saja Anda terus untuk melatih tengkurap, Biasakan ditengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

  34. yanti February 21, 2012 at 2:11 pm #

    anak saya bln depan genap 2 tahun,tapi sampai skr blm bisa jalan….maunya titah trs kalau saya lepas satu tangan dia takut dan nggak mau jalan…nafsu makannya bagus minum susunya juga kuat,tetapi kok sampai skr blm juga bisa jalan padahal teman seusianya sudah pada jalan semua.apa ada kelainan pada anak saya ya…dia tidak melalui proses merangkak tapi ngesot.apakah itu yg buat anak saya lambat jalan? thx sebelumnya…

    • tips-bayi February 27, 2012 at 2:35 am #

      @ yanti,

      Anda jangan khawatir perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan termasuk kemampuan berbicara… Dan bahkan bisa seperti itu.. terkadang ada juga yang tidak melalui tahapan yang biasa. Misalnya tidak merangkak seperti bayi Anda tapi ngesot, langsung berdiri dan nantinya berjalan. Jadi setiap bayi akan berbeda.. terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. Keturunan sangat berpengaruh.. ;-)

      Lambat bukan juga karena bayi Anda ngesot..

      Oh ya.. Jika bayi Anda sudah bisa berdiri atau belajar berdiri maka untuk latihan jalannya, ada tips sederhana.. Ajarkan bayi Anda berjalan dengan mendorong kursi plastik kecil atau galon air mineral besar.. Dengan begini maka bayi Anda akan lebih termotifasi untuk cepat belajar jalan.. Akan tetapi HARUS selalu Anda dampingi.. ;-)

  35. santi February 15, 2012 at 1:21 am #

    Wah, saya baru baca artikelnya nih.Anak kedua saya (Aulia) sekarang umurnya 4 bulan 3 minggu tapi kok belum bisa tengkurap ya? Senangnya tidur telentang n cuma kadang2 miring ke . Kadang2 miring kayak mau tengkurap tapi begitu terhalang tangannya terus nangis, telentang n nggak mau nyoba lagi lagi. Kalau ditengkurapin yang diangkat malah pantatnya, terus jadi rewel n minta buru2 ditelentangkan. Kadang2 sama neneknya didudukkan. Kata beliau sih supaya dia latihan ngangkat kepala. Ada nggak sih cara supaya dia mau tengkurap sendiri? Tapi walaupun dia belum bisa tengkurap, dia udah bisa ngucapin mama, papa, bubu, ba ba n kadang2 ngangkat perutnya buat berpindah tempat. Mohon masukannya ya? thanks

    • tips-bayi February 23, 2012 at 3:16 am #

      @ santi,

      Anda jangan khawatir perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan termasuk kemampuan berbicara… Dan bahkan terkadang ada juga yang tidak melalui tahapan yang biasa. Misalnya tidak merangkak tapi langsung berdiri dan berjalan. Ada juga yang ngesot tidak merangkak.. Jadi setiap bayi akan berbeda.. terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. Keturunan sangat berpengaruh.. ;-)

      Boleh saja untuk melatih tengkurap, Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu .. ;-)

  36. gun January 24, 2012 at 12:57 pm #

    Wah infonya lumayan. Pas anak saya sedang umur 3 bulan. Makasih ya.

  37. Danisha January 14, 2012 at 7:35 am #

    Ass.wr.wb
    tips bayi,,
    Alhamdulillah bayi saya sudah tengkurap umur 3bulan,,,
    Bayi saya suka sekali tidur terlentang, hingga kepala bagian belakang peyang…Apakah baik baik saja, bisakah bentuk kepalanya kembali normal?
    Saat ini bayi saya umur 3.5 bulan, BB 7.6 kg

    Terima kasih sebelumnya

    • tips-bayi January 17, 2012 at 3:04 am #

      @ Danisha,

      Bayi Anda baik-baik saja..

      Insya Allah masih bisa berubah.. ;-) Selain membiasakan gonta-ganti posisi menyusu juga biasakan bayi Anda tidur miring bergantian atau tengkurap, itu bagus untuk merubah kepalanya yang agak peyang.. Tidur posisi miring memang baik untuk perkembangan tengkorak kepala bayi Anda.. ;-)

  38. meta December 14, 2011 at 3:20 am #

    anak saya sudah 2bln,sejak umur 1bln saya biasakan tidur tengkurap,karena bila ditidurkan terlentang dia suka kaget dengan sesuatu,entah apa dan tiba2 menangis,bila ditidurkan tengkurap dia bisa tidur tenang dan lama

    apakah aman bagi bayi saya apabila saya tidurkan tengkurap lebih dari 1jam?
    anak saya 2bln tetapi belum bisa miring sendiri,normalkah?
    dia kalo di godain tertawa,tetapi matanya tidak melihat kita,apakah anak saya tergolong autis?

    • tips-bayi December 21, 2011 at 3:13 am #

      @ meta,

      Aman. . tapi awasi saja terus bayi Anda.

      Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait dengan keamanan posisi bayi tidur bayi :
      * Upayakan alas tidur bayi rata. Ada baiknya tidur di atas kasur busa yang padat.
      * Gunakan sprei dengan rapi dan tidak mudah mengkerut.
      * Lepaskan bedong saat bayi Anda tidur, agar tidak mengganggu pernafasannya. Lepaskan kain bedong dari tubuh bayi saat akan ditengkurapkan. Jangan lupa, bayi masih bernapas melalui perut, dibedong hanya akan mengganggu gerak pernapasan perutnya, apalagi bila bayi sedang tidur tengkurap.

      Pastikan saat bayi kita tidur tengkurap adalah posisi hidung bayi, jagan sampai tertutup. Dan.. Selalulah awasi bayi Anda, jangan lengah..

      Anda bisa baca artikel berikut:

      http://www.tipsbayi.com/kontroversi-posisi-bayi-tengkurap.html

      Belum miring sendiri..? Anda jangan khawatir perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.

      Jangan khawatir dengan penglihatannya.. Bayi bisa melihat jelas pada umur 2 bulan, dalam beberapa bulan pertama bayi belum mampu memusatkan penglihatan terhadap objek yang berada lebih dari 25 cm dari wajahnya. Namun bila ada sumber penerangan yang kuat bayi baru lahir bisa menggerakkan kepalanya mencari cahaya itu. Mata bayi baru lahir peka terhadap wajah manusia dan gerakan. Terhadap warna pun masih terbatas pada warna-warna cerah seperti merah, biru, lalu berkembang ke warna sekunder (hijau dan kuning).maka beri dia stimulasi (rangsangan) untuk melihat dengan memperlihatkan benda yang berwarna mencolok, seperti bantal, kain atau kertas kecil atau mainan gantungan berwarna warni.

      Struktur pegangan bola mata bayi memang belum baik dan sekuat anak-anak atau orang dewasa, itulah sebabnya kalau membuat sang bayi melihat, sebaiknya diatur jaraknya tidak terlalu dekat dengan matanya, dan tidak membuat sang mata terputar-putar.

      Contoh, untuk mengajak bicara bayi, lakukan dari depannya, dengan jarak pandang yang cukup.

      Menggantung mainan atau pun cahaya agar tidak dari sebelah atas atau dari bagian kepala, sehingga ia jadi mendongak ke atas atau memutar-mutar bola matanya mencari arah cahaya tersebut, melainkan dari sebelah depan, dengan jarak yang cukup, sehingga tidak membuat bola mata bertemu untuk bisa melihatnya..

  39. nisa October 29, 2011 at 4:49 pm #

    perkembangan bayi yang lambat apa ada hubungannya dengan tinggi rendahnya IQ nya bayi?

    • tips-bayi December 2, 2011 at 3:52 am #

      @ nisa,

      Maksudnya perkembangan kemampuan..? Tidak ada hubunganya.. ;-)

      Maka susui ASI.. ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal.. ;-)

      Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

      Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

      Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

      Anda bisa baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

  40. nisa October 29, 2011 at 4:47 pm #

    dear tips
    Anakku umurnya 5,5 bulan tapi belum bisa tengkurap? kalo ditengkurapin

    • tips-bayi December 2, 2011 at 3:49 am #

      @ nisa,

      Boleh.. boleh kok Anda tengkurapin.. ;-)

      Untuk melatih tengkurap, Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu ..

  41. melanie October 28, 2011 at 2:27 am #

    melanie ud bsa tengkurap sejak umur 2,5 bulan sampai sekarang n malahan tdrpun tengkurap serta ud angkat kepala,,sekarang melanie ud 5 bulan tp kenapa wkt di gendong ng bsa bertahan tegak kepalanya hnya brsandar d dada n klu d angkat kepalanya ia mnjadi tunduk. apa yg hrs sy lkukan

    • tips-bayi December 2, 2011 at 2:14 am #

      @ melanie,

      Memang biasanya dari usia 3 – 5 bulan bayi akan mulai kepalanya bisa tegak. Akan tetapi terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.Perkembangan fisik dan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan yang sama, meskipun kakak beradik sekalipun. Faktor keturunan sangat berpengaruh.. ;-)

      Bersabarlah menunggu perkembangan bayi Anda. Buatlah rangsangan yang membuat bayi Anda termotifasi untuk menoleh ke kiri dan kanan. Ajaklah bermain sehingga bayi Anda berlatih menoleh berganti arah..

  42. JANNATUL SOLEHA October 28, 2011 at 2:18 am #

    ANAK SAYA TENGKURA

    • tips-bayi December 2, 2011 at 2:07 am #

      @ JANNATUL SOLEHA,

      Bayi Anda sudah tengkurap maksudnya.. ? :-)

  43. Langit Biru October 17, 2011 at 5:45 pm #

    Anak saya umur 1,5 bln. Beratnya 4,5 kg Klo malam susah tidur, dan suka menangis. Sejak lahir bawaanya kaya pengen tengkurep, tp oleh mamanya belum boleh. Apa boleh bayi mandi 2 x sehari krn selama ini cuma mandi sekali (pagi) padahal biasanya sehabis mandi tidurnya lelap.

    • tipsbayi November 17, 2011 at 3:44 am #

      @ Langit Biru,

      Secara umum, memang ada bayi yang suka menangis, merengek, bahkan berteriak dalam tidurnya dan ini biasa disebut sebagai “brief awakening”. Jika tidak lama kemudian dia tertidur kembali, biasanya ini masih tergolong normal…

      Jangan khawatir dengan pola tidurnya.. pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

      Anda tinggal di daerah panas..? Mandi boleh saja 2 kali.. Tidur lelap setelah mandi..? Berarti terbukti juga bahwa bayi Anda rewel karena tidak nyaman dengan keringatnya.. ;-)

  44. Adhe poepoet October 7, 2011 at 4:45 pm #

    Dear tips bayi,
    Baby ku skrg umur 3,5bln…Sudah miring2in badan tapi Belum bisa tengkurap sendiri, tapi kayanya dia nyaman banget kalo ditengkurepin..apakah normal?
    Baby sekarangberatnya 8kg, apakah kegemukan? Pdhl sampai saat ini saya cuma beri asi saja. Dan tolong di beri tips agar ank aman saat tidur maupun bermain dalam posisi tengkurap.

    • tipsbayi October 9, 2011 at 6:15 am #

      @Adhe,

      Wah, BB-nya tinggi sekali ya, baru 3,5 bulan sudah 8 kg! Masalah tengkurepnya tidak apa-apa Bu, asal terus diawasi dan pilih tempat yang datar, serta tidak banyak benda di sekitarnya yang bisa menyebabkan saluran pernapasannya tertutup.

      Obesitas pada bayi dan anak sama berbahayanya dengan orang dewasa. Pada bayi dan balita, obesitas dapat menyebabkan terganggunya atau terlambatnya perkembangan dan pertumbuhan. Selain itu dapat juga berpengaruh pada organ dan kesehatannya seperti adanya gangguan pada jantung, liver, tekanan darah, diabetes mellitus dan sebagainya. ASI dapat dipercaya sebagai solusi untuk mencegah dan mengatasi adanya obesitas pada bayi dan balita, berikan ASI sampai minimal usia 6 bulan atau lebih. Apabila berat badan anak anda masih di atas berat badan normal setelah usia 6 bulan, maka dapat berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis anak anda untuk masalah ini.

  45. fanny September 30, 2011 at 1:38 am #

    Dear tips bayi…
    Ankku Jason tgl 8 Okt nanti usianya 6 bln, tp sampai sat ini dia msh blm mau tengkurap sendiri hrs dibantu dimiringkan terlebih dahulu baru dia mau memutar badannya ke posisi tengkurap. Saat tengkurap posisi kepala dan tangan dia sudah kelihatan kuat dan bs tengkurap lumayan lama. Yang aku kuatirkan knp dia blm bs tengkurap sendiri, pdhl usianya sdh mau 6 bln, sedangkan bayi lain malah sudah ada yg duduk. Kalau terlambat tengkurap apakah otomatis ke depannya untuk sampai ke posis jalan pun dia akan menjadi lambat?
    Ada yg bilang: ada bayi yg tidak tengkurap tp bisa langsung duduk, tp bukankah itu tidak baik karena tiap bayi hrs melewati semua secara bertahap? Saya jadi takut ank saya seperti itu.
    Mohon informasi dan solusinya. Terima Kasih

    • tipsbayi October 1, 2011 at 2:55 am #

      @fanny,

      Setiap bayi memang perkembangannya berbeda dan tidak setiap bayi harus melewati setiap tahap perkembangan bayi. Terkadang, kebiasaan kita membandingkan kemampuan bayi kita dengan bayi lain kurang tepat. Setiap bayi tidak bisa disamakan, bukan? Secara umum, Anda tidak perlu khawatir. Tapi memang penilaian kami tidak akan akurat kalau tidak melihat langsung aktivitas si Jason.

  46. lili arief September 9, 2011 at 4:51 am #

    dear tips bayi

    baby Ziyya sekarang usia 4 bulan 19 hari, BB nya 8,9kg. Sejak lahir sampe sekarang masih minum ASI, insyaAllah bisa exsklusif sampe 6 bulan. Kelihatan gendut, tubuhnya kencang dan padat, sudah bisa tengkurep dan aktif :D , Banyak masukan agar baby Ziyya jangan terlalu gendut, tp saya juga bingung, bagaimana caranya? apakah temasuk obesitas? normalkah baby saya? terimakasih atas informasinya……

  47. vira April 13, 2011 at 2:54 am #

    thx info ny . . Bermanfaat bgt,
    saya mau tny ni,ank sy 6bln,tp blm bs tengkurap sndri,.tp kalo kita tengkurapin kepalnya ud tegak n ud mencoba mengambl brg d dpn ny,.tp jika kt tuntun berdiri dy ud bs mlangkahkn kakinya,.berat ank sy 8.7,knp y dy blm bs tengkurap?

  48. Marlie Manda Rayya October 14, 2010 at 8:38 am #

    Dear Tipsbayi

    Anak saya rayya 10 bulan, bulan kemarin sempet kejang dan dirawat selama 3hari. setelah sakit BBnya langsung turun drastis, sekarang hanya 8,75kg / 78cm, trus badannya jadi lembek…..nafsu makan rayya masih baik (3x makan nasi tim buatan rumah, diselingi snack dan buah), memang rayya kurang suka minum sufor (dalam 1 hari maksimal hanya 200cc) lebih cenderung air putih (rayya masih saya berikan ASI di pagi hari dan malam hari)
    Pertanyaan saya, apa berat badannya masih tergolong baik, dan apa yang harus saya berikan agar rayya kembali sekel, seperti sebelumnya yang padat berisi sampai ga bisa dicubit karena sekelnya. Menurut DSAnya ga perlu khawatir karena rayya tetep aktif (sekarang sudah mulai rambatan) tp saya tetap khawatir dengan badan rayya yang lembek.
    Terima kasih jawabannya

  49. tipsbayi October 5, 2010 at 2:58 am #

    @ suherni,

    Anda jangan khawatir, perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual. Itu WAJAR kok.. Apabila sudah waktunya bayi Anda akan tengkurap juga, bahkan yakin deh tengkurap akan jadi posisi favorit bayi Anda.. ;-)

    Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

  50. suherni October 3, 2010 at 6:04 am #

    bagaimana ya caranya merangsang anak agar cepat tengkurep karena anak saya belum bisa tengkurep padahal usianya sudah 4 bulan mohon solusinya…….

  51. tipsbayi September 7, 2010 at 12:58 am #

    @ Lia,

    Bayi yang terganggu pola tidurnya memang bisa berakibat tidak baik kepada kesehatannya. Silahkan Anda baca artikel berikut, semoga membantu:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/tidur-bayi-anda-tidak-nyenyak-ketahui-sebab-dan-solusinya

  52. Lia September 1, 2010 at 5:44 am #

    Salam.Anak saya Hilmi, umur 2 bulan. Kebiasaannya klo pagi dan siang tidurnya gak nyenyak.Sebentar2 bangun.Suasana ruangan dah sy set senyaman mungkin.tapi si kecil Pengennya digendong n dibawa jalan,gak berapa lama langsung terlelap lagi tapi klo ditaruk ditempt tdrnya langsung bangun.gimana ya solusinya supaya si kecil bisa tdr nyenyak tanpa di gendong? Alhamdulillah klo malam tdrnya nyenyak bgt,,,apa emang gitu ya??klo mlm nyenyak siangnya bangun ato sebaliknya..kira2 ada efek gak untuk kecerdasan otaknya…trims b4

  53. tipsbayi September 1, 2010 at 12:24 am #

    @ marti meriam,

    Mungkin artikel berikut bisa membantu: http://www.tipsbayi.com/index.php/tidur-bayi-anda-tidak-nyenyak-ketahui-sebab-dan-solusinya

    Baca juga tanggapan yang ada pada artikel ini, sangat bisa jadi Anda menemukan masukan yang berharga di dalamnya…

  54. marti meriam August 29, 2010 at 2:02 pm #

    bayiku 3 bulan dari bayi ngak mau asi jadi disusui botol …3 minggu pertama bayi tenang saja..enak tidur dan gampang tidur..pada bulan kedua pernah dipijat bayi..pada bulan kedua jadi susuh tidur gampang nangis..malah sering semalaman nagk tidur dan gampang terbangun ada tips ngak buat bayi saya agar gampang tidurnya..dan nyaman saai ini gendongannnya minta berdiri..ngan mau kalo digendong ditidukan..trims before..

  55. Nauli Siregar August 25, 2010 at 4:06 pm #

    Dear tips bayi,
    baru saja kemarin saya menanyakan mengenai baby Kay saya yang belum bisa telentang…saya belum baca tips jawaban, saya coba meletakkan bola warna-warni yang bunyi (ternyata sama dengan tips yang berikan) dia melata dan miring lalu telentang…
    Ternyata baby Kay aq sudah bisa mutar dan telengtang setelah tengkurep, 4 bulan lewat.
    Thanks tips bayi…..

  56. tipsbayi August 25, 2010 at 5:59 am #

    @ Nauli,

    Biasanya pada usia 4 bulan dia sudah bisa berguling. Tapi memang perkembangan setiap bayi kan tidak sama. Untuk melatihnya, coba berbagai tips berikut…

    Letakkan bayi pada posisi telungkup. Gerakkan sebuah mainan berwarna cerah atau buat suara-suara gembira di depan bayi sehingga ia akan belajar mengangkat kepalanya. Secara berangsur-angsur ia akan menggunakan kedua lengannya untuk mengangkat kepala dan dadanya.

    Letakkan mainan berwarna cerah di dekat bayi agar ia dapat melihat dan tertarik pada mainan tersebut. Kemudian pindahkan benda tersebut ke sisi lain dengan perlahan. Awalnya bayi perlu dibantu dengan cara menyilangkan paha bayi agar badannya ikut miring sehingga memudahkan bayi berguling. Ketika ia berguling, senyum dan tunjukkan rasa kasih sayang. Jaga bayi agar tidak jatuh dari tempat tidur, meja atau dari ketinggian lainnya.

  57. Nauli Siregar August 24, 2010 at 3:10 pm #

    Baby Kau saya tengkurep termasuk cepat, 2 bulan 3 minggu sudah bisa tengkurep sendiri, soalnya mulai dari 2 bulan sudah dilatih dan suka miring. Hanya saja sampai dengan 4 bulan sekarang belum bisa balik sendiri. Apakah ini normal ? Kapan seharusnya baby Kay bisa berbalik sendiri ? Apa harus sering dilatih juga ?

  58. tipsbayi August 19, 2010 at 2:48 am #

    @ yara,

    Seperti yang tertulis dalam artikel, sebagian ahli menganjurkan agar Anda melakukannya terhadap si kecil sekitar 30 menit setiap harinya. Tidak perlu langsung… bagi-bagi saja menjadi beberapa kali dalam sehari.

    Mengenai rambutnya yang gundul sebagian, ya memang begitulah yang sering terjadi pada bayi umumnya :) Nanti juga akan tumbuh normal kok…

  59. Yara August 17, 2010 at 12:08 pm #

    Biyan 3bln , msh blm tengkurep cm baru miring2 aj. Yup, kpalanya aga sdikit peang.
    Klo tidur malam boleh di posisikan tengkurap?? seberapa lama tdur dgn posi2 tengkurap??
    Dan kenapa seelah kepalanya di gundul, ada bagian kepala yang tidak segera tumbuh rambuh, bentuk nya melingkar seperti cakra.
    Makasih byk bt info2 nya. Usefull buanggeeet…
    saya tunggu jawaban nya y!

  60. tipsbayi August 4, 2010 at 3:25 am #

    lia,

    Mengenai bentuk kepala, silahkan baca artikel kami:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/bentuk-kepala-rata-pada-bayi-dan-infeksi-telinga

    Mudah-mudahan membantu memperjelas.

    Mengenai perkembangan bayi usia 5 bulan, silahkan juga baca:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/perkembangan-bayi-5-bulan

    Resep makanan bisa Anda lihat di:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/category/makanan-bayi

    Walaupun sebaiknya hingga usia 6 bulan bayi Anda diberi ASI Eksklusif.

  61. lia August 3, 2010 at 12:22 pm #

    anak saya laki-laki kini berusia 5 bulan waktu lahir beratnya 2,7 kg sekarang beratnya 6,7 kg. waktu kecil ia selalu tidur terlentang maka kepalanya ga bulat mulus, yang akan saya tanyakan apa bentuk kepala yang seperti itu berpengaruh terhadap kecerdasannya kelak.?
    untuk tengkurap sendiri memang belum begitu lancar namun untuk duduk jika disandarkan bisa dibilang sudah bisa walau waktunya hanya beberapa menit saja. apakah bayi saya normal?
    untuk makananan yang dibuat sendiri bisa ga kasih contoh resepnya yang sesuai dengan kebutuhan gizi, karna saat ini de2 dah di belajari makan sari buah. dan bubur bayi instant yang boleh di berikan kepadfa bayi di bawah 6 bulan dengan di encerkan?
    makasih

  62. tipsbayi July 24, 2010 at 1:08 pm #

    nino’s mom:

    1. BB Nino masih NORMAL, idealnya untuk bayi usia 6 bulan adalah 7,4 kg. Pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat. Secara umum pertambahan BB dapat dikategorikan dalam hitungan sebagai berikut:

    * Triwulan pertama : 600- 1200 gram per bulan

    * Triwulan kedua : 500-600 gram per bulan

    * Triwulan ketiga : 350-450 gram per bulan

    * Triwulan keempat : 150-250 gram per bulan

    2. Susah tidur malam karena bayi Anda di waktu siang terlalu banyak ransangan dalam bermain, bila agak rewel mungkin ada keluhan yang tidak enak yang dirasakan oleh bayi Anda atau ngantuk.. Redupkan lampu dan buatlah suasana hening dan nyaman..

    Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh, pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas.. ;-)

    3. Berikut ini salah satu contoh jadwal pemberian MPASI (jadwal ini adalah untuk bayi berusia 6-9 bulan dan diterapkan secara bertahap)

    Pukul 06.00 (bangun tidur)
    ASI/PASI

    Pukul 08.00 (makan pagi)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 10.00
    Buah segar/ biskuit

    Pkl. 12.00 (makan siang)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 14.00 (sebelum tidur siang)
    ASI/PASI

    Pkl. 16.00
    Buah segar/ biskuit

    Pkl. 18.00 (makan malam)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 21.00
    ASI/PASI

    *ASI atau sufor diberikan bagaimana permintaan..

  63. fanny July 18, 2010 at 7:19 am #

    Dear, tips bayi… babyku skr sdh hampir umur 1 thn, dia sudah tidur panjang dr jm 10 mlm sampai 10 pagi, dengan bangun sekali jm 4 subuh, tp ktnya hrsnya pagi dibangunkan saja, krn nanti kalau sekolah jadi susah untuk bangun.. baiknya bagaimana yah? apakah hrs dibangunkan pagi2 untuk persiapan dia sekolah nanti? andai harus dibangunkan, jm brp?

  64. nino's mom July 17, 2010 at 11:09 pm #

    Usia nino sekarg 6 bulan 1 minggu, dari usia 1 bulan da biasa q tengkurepin.. Jadi, skrg bentuk kepalanya jadi bagus bgt, tdr gak prnh aq kasih bantal..

    Aq ada pertanyaan nih:
    1. Gmn caranya buat gendutin baby? Dulu nino tergolong gendut, skrg koq keliatan kurus.. Berat badannya kalah ma temen2 seumurnya. Sebulan naeknya gak ampe 1kg. Beratnya skrg 7kgan..
    2. Cara ngatur tidur gmn ya?
    Nino suka rewel kalo mau tidur malem.. Gak pernah bangun pagi, tdr selalu jam 1 malam.. Kalo malem susah juga minum susunya, maunya mainan terus.. Tapi siang tmbh bnyk tdr.. Bermasalah gak?
    3. 6 bulan kan da di kasih makanan padat.. Gmn ngejadwalnya?

  65. tipsbayi June 30, 2010 at 10:06 am #

    dewi:

    Dengan bekal ILMU maka kita akan semakin tenang dan terjauh dari was was.. ;-)

  66. dewi June 28, 2010 at 2:41 pm #

    terimakasih infonya….ini sangat berguna buatsaya,n akan saya coba praktekkan. anak saya baru berumur 3 bulan n sedang mencoba tengkurap sendiri. dia mulai memiringkan badannya hingga akhirnya ia ber hasil. namun suami saya selalu berteriak kalau anak kami mulai miring,kasihan katany.

  67. dewi June 28, 2010 at 2:39 pm #

    terimakasih banyak infonya,inji sangat berarti sekali buat saya. anak saya baru 3 bulan n sedang mencoba untuk tengkurap. tapi suami asya selalu berteriak kalau melihat anak kami mulai miring-miring,kasihan katanya. maklumlah ini anak pertama kami,jadi belum tahu apa2.

  68. tipsbayi June 17, 2010 at 6:50 am #

    Rani:

    Begitulah.. Memang apabila bayi Anda sudah bisa tengkurap maka posisi ini akan menjadi posisi favorit bayi Anda.. ;-)

  69. tipsbayi June 17, 2010 at 6:30 am #

    fanny:

    Mohon maaf baru dijawab.. ;-)

    Prinsip sederhananya, pengeluaran bagaimana pemasukan..

    Dalam hal ini terlihat memang bayi Anda minum sufornya bagus.. Apabila yang Anda berikan pada bayi Anda adalah ASI maka pipisnya tidak akan sesering ketika bayi Anda minum sufor. Hal ini disebabkan karena ASI masih sangat mudah dicerna oleh tubuh bayi Anda dan ini juga berarti sebagian besar ASI dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

  70. Rani June 11, 2010 at 3:27 am #

    Si kecil setiap kali maunya tengkurap…terus dan lucunya lg klo g bs terlentang lg maka dia akan ngomel2, sambil mengusap2 wajahnya di kasur. Bahkan dia bisa berpindah tempat, jauh dari tempatnya semula

  71. fanny May 21, 2010 at 4:11 pm #

    aku mau tny, anakku usinya 10 bln, pipisnya sekitar 15 s/d 20x dlm sehari, apakah itu normal? padahal aku tidak terlalu byk memberi air putih, karena katanya bayi dibwh usia 1 thn jgn terlalu byk minum air putih karen dia lbh membutuhkan air susu, jd hanya aku beri sekitar 10 sendok teh/hr, dan minum susu formula sekitar 600 ml/hr…
    Mohon informasi dan penjelasannya.. terima kasih..

  72. tipsbayi May 9, 2010 at 11:38 pm #

    Mamanya Rizky:

    Kami pernah katakan, tengkurap akan menjadi posisi favorit setiap bayi.. Benar kan..?

    Anda jangan terlalu khawatir dengan bentuk kepala yang masih rata.. Bentuk kepala bayi Anda masih akan terus berubah. Hal ini karena sambungan antar tulang-tulang tengkorak yang terdiri dari tulang rawan dan ubun-ubun baru mulai mengeras di usia 9 bulan dan menutup sempurna pada usia 18 bulan.

    Bayi Anda sudah bisa tidur dalam posisi tengkurap, maka manipulasi posisi tidur tengkurap, miring ke kanan atau ke kiri secara bergantian. Ini akan menolong pembentukan kepala yang lebih bundar.. ;-)

  73. tipsbayi May 9, 2010 at 11:33 pm #

    mama atha:

    Berat badan dan panjangnya ideal bagus sekali.. Sepertinya bayi Anda sehat, Anda jangan terlalu khawatir dengan perkembangan kemampuan bayi Anda karena setiap bayi akan berbeda. Benar.. salah satu faktor yang mempengaruhi adalah keturunan.. ;-)

  74. Mamanya Rizky May 6, 2010 at 2:46 am #

    saya baru baca nih artikel nya.
    anak saya usianya sudah 7bulan, kepala belakangnya rata mungkin memang saat masih kecil sringnya tidur telentang, saat ini sih dia sukanya tidur miring/ tengkurap dan lebih anteng / lebih lama tidurnya. apakah maih bisa bentuk kepalanya yang rata dibelakang berubah mengingat usianya sudah 7bulan?

    terima kasih.

  75. mama atha May 5, 2010 at 2:26 pm #

    anak saya skrg 4,5 bulan…tapi belum bisa miring sendiri / tengkurap sendiri. miring sendiri mungkin cm dikit2 ga sampai miring beneran. tapi kalau di tengkurapiin dia seneng banget, kepalanya udah diangkat bahkan kaya udah ngesot dikit2 ke depan. geraknya lincah sekali..saat terlentang dia bisa ngesot ke atas ke bawah muter2 tempat tidur. beratnya 6,5kg panjang 65 cm. kira2 normal tidak ya? riwayat keturunan ayahnya dulu ga pake merangkak. sewaktu 3 bulan anak saya pernah dirawat karena ITP (setelah imunisasi HIB, polio, DPT II)…ditusuk infus bisa sampai 12x..( sempat dicoba infus lwt paha tapi gagal) dan sempat trauma bila dipegang2 tangannya.. Kira2 anak sy normal tidak ya? apakah sakitnya kemarin mempengaruhi perkembangannya? trims

  76. tipsbayi May 4, 2010 at 6:53 am #

    bunda salwa:

    Tidur tengkurap itu bagus.. hanya saja bayi Anda perlu pengawasan lebih. Perhatikan barang-barang sekitarnya bantal, guling, boneka jangan sampai ada yang menghalangi pernafasannya, alas tidur harus rapih dan jangan Anda tinggalkan bayi Anda tidur sendiri dalam waktu yang lama..

    Berat segitu tidak terlalu gendut kok.. hanya lebih setengah kilogram dari berat ideal.. ;-)
    Perkembangan kemampuan bayi Anda bagus dan memang perkembangan kemampuan setiap bayi bersifat individual, setiap bayi akan berbeda..

  77. bunda salwa May 2, 2010 at 1:07 pm #

    anak aku dari umur 4 hari dah bisa miring sendir trus tidurnya ga mau telentang miring sampe umur 2,5 trus dari 2,5 bulan sampe sekarang tidurnya tengkurap alo ditelentang ga mau suka nangis gpp ya?.lahirnya 3,7 kg sekarang umurnya dah 4 bulan beratnya dah 6,9 kg apa itu ga kegendutan ya? dari umur 2 bulan dah bisa tengkurap umur 2,5 bulan dah kuat nahan kepala sekarang umur 4 bulan dah bisa bolak balik sendiri apa itu normal bayi umur segitu?thx mohon infonya?

  78. tipsbayi April 29, 2010 at 2:08 am #

    bunda runa:

    Berat badan bayi Anda sangat ideal dengan usianya, meskipun panjangnya kurang sedikit ideal.. ;-)

    Perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda, banyak faktor yang mempengaruhi termasuk keturunan juga.. Anda jangan terlalu khawatir berikan saja rangsangan terus agar bayi Anda lebih terbantu dan termotifasi.

    Sesekali Anda bisa miringkan atau tengkurapkan, tentunya dengan pengawasan yang baik..

  79. tipsbayi April 29, 2010 at 2:00 am #

    bunda @biel:

    Karena Abiel belum biasa ditengkurepin, Abiel menangis.. kalau sudah biasa mesti tengkurep akan jadi posisi favorit Abiel.. ;-)

    Perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda, jangan heran ada bayi yang tidak merangkak tetapi ngesot.. Akan tetapi benar, perkembangannya harus melalui tahapan jangan ada tahapan yang dilewat. Maksudnya, contoh belum belajar duduk sudah ditatah untuk belajar berdiri.. ini jelas tidak dianjurkan karena pinggang dan tungkainya belum siap..

    Jadi berikan rangsangan untuk bayi Anda sesuai dengan tahapannya.. ;-)

  80. tipsbayi April 29, 2010 at 1:48 am #

    umah fathimah:

    Saat terjatuh anak Anda tidak muntah? apabila secara fisik tidak memperlihatkan pperubahan tidak perlu banyak yang di khawatirkan, bahkan bayi Anda sudah aktif kembali. Memang kejadian seperti itu bisa saja membuat anak trauma, untuk lebih jelasnya Anda bisa konsultasi dengan dokter anak Anda, kalau memang ada hal yang serius pasti dokter akan memberikan rujukan untuk terapi (fisioteraphy).

    Untuk lain kali apabila bayi Anda terjatuh (mudah-mudahan tidak terjadi lagi). Lihat dan perhatikan baik-baik kondisi bayi Anda. Apakah setelah jatuh langsung menangis dan menggerak-gerakkan semua anggota badannya? Jika ya, kita bisa langsung menggendong untuk menenangkannya memberi ASI. Setelah ia tenang, baru lakukan observasi.

    - Adapun observasi yang perlu dilakukan adalah:

    + Cari dan ingat bagian-bagian mana saja yang lebam/benjol/ memar di seluruh anggota badan bayi Anda. Jika menemukan benjolan di kepala atau memar di badan, boleh diobati dengan obat antitrauma oles. Jika pada bagian kepala tidak ditemukan lebam atau benjol, tapi bayi Anda menangis saat dipegang, larikan segera ia ke rumah sakit terdekat.

    + Coba gerakkan kedua tangan bayi Anda, ke samping, ke atas, ke bawah, ke depan, lalu rentangkan dan angkat-angkatlah. Jika ada keluhan pastikan di tangan yang mana dan saat dalam posisi seperti apa. Ini sebagai bahan untuk dilaporkan ke dokter.

    + Lakukan hal yang sama pada kaki.

    + Tengokkan kepala bayi Anda ke kanan dan ke kiri. Coba dekatkan dagu bayi Anda ke dada secara perlahan. Jika ada keluhan catat sebagai laporan pada dokter.

    + Miringkan badan bayi Anda ke kiri dan ke kanan. Jika ada keluhan catat dan laporkan ke dokter.

    - Observasi perlu dilakukan selama 2×24 jam. Jika dalam kurun waktu itu ada keluhan, apalagi sampai muntah dengan menyembur, segera larikan ke rumah sakit terdekat.

  81. bunda runa April 27, 2010 at 2:15 pm #

    bayi ku umur 4 bulan tgl 5 mei 2010 ini tp blum bisa miring. idealnya umur brp sih bisa miring atw tengkurap? bayi ku jg blum bs negakin kpala scra sempurna klo lg dtengkurepin,msh jatoh2 terus gmn y? skr beratny 6,3kg tnggi 5,9cm

  82. bunda @biel April 27, 2010 at 6:56 am #

    bayi ku umur 6 bulan, klo di tengkurepin males bgt… baru sebentar aza udah marah atau nangis minta di bangunin.. tp klo di bangunin pasti mau nya langsung berdiri atau jalan, aku tkt dia jadi ga mau belajar merangkak… kan katanya setiap tahap perkembangan bayi itu harus dilewati.. apa gpp tuh bgitu kan kasian punggung nya!!

  83. bunda @biel April 27, 2010 at 6:55 am #

    bayi ku umur 6 bulan, klo di tengkurepin males bgt… baru sebentar aza udah marah atau nangis minta di bangunin.. tp klo di bangunin pasti mau nya langsung berdiri atau jalan, aku tkt dia jadi ga mau belajar merangkak… kan katanya setiap tahap perkembangan bayi itu harus dilewati.. apa gpp tuh bgitu kan kasian punggung nya!!

  84. umah fathimah April 26, 2010 at 2:39 pm #

    anak saya skarang umurnya 9 bln lebih..dia mengalami jatoh berapa kali…pernah jatoh dr ranjang.. waktu jatuh dia nangis setelah saya gendong,cium dan kasih asi berhenti nangisnya dan sy pegang kepalanyanya tdk ada yg sakit. apa perlu sy bawa ke Dr? takutnya bagian dalamnya ada sesuatu….tp kondisi tidurnya nyenyak td ada keluhan dan anaknya sehat2 saja aktif geraknya. trimakasih jawaban

  85. tipsbayi March 8, 2010 at 3:22 am #

    nia:

    Usia bayi Anda masih 6 bulan, ada kemungkinan tegak kepalanya masih belum mantap.. Biasakan saja tidur miring ganti-ganti sisi dan sesekali ditengkurapkan.. Bentuk kepalanya masih ada kemungkinan berubah.. ;-)

  86. nia March 5, 2010 at 10:22 am #

    Anak saya baru berumur 6 bulan.,kepalanya agak peyang
    Sekarang kepalanya udah bisa tegak tapi agak miring.,
    Apakah kepalanya miring ketika tegak itu karena faktor kepala peyang atau ada faktor lain?

  87. tipsbayi January 27, 2010 at 4:16 am #

    tantya:

    BB bayi Anda masih NORMAL meskipun memang kurang, pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat. Secara umum pertambahan BB dapat dikategorikan dalam hitungan sebagai berikut:

    * Triwulan pertama : 600- 1200 gram per bulan

    * Triwulan kedua : 500-600 gram per bulan

    * Triwulan ketiga : 350-450 gram per bulan

    * Triwulan keempat : 150-250 gram per bulan

    Untuk memastikan apakah bayi Anda masih dalam kategori normal, kurang atau berlebih, Anda dapat mengecek atau membandingkannya melalui kurva Lubchenko yang terdapat pada buku pantau tumbuh-kembang bayi atau KMS (Kartu Menuju Sehat) dari Puskesmas atau Rumah Sakit. Nah, berdasarkan kurva tersebut, parameter untuk mengetahui pertumbuhan bayi tidak hanya dilihat dari pertambahan BB, tapi juga tinggi badan dan ukuran lingkar kepala..

    Agar berat badan bayi Anda tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP. Teruslah berikan ASI.. Tidak ada sufor yang bisa menandingi kandungan ASI.. :-)

    Untuk perkembangan kemampuan, setiap bayi memang akan berbeda.. Akan tetapi Anda jangan terlalu khawatir, apabila sudah waktunya akan bisa tengkurap juga kok.. Yang penting berikan saja terus rangsangan pada bayi Anda, dengan cara melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

  88. tipsbayi January 27, 2010 at 4:04 am #

    ummu fauzan:

    Insya Allah bayi Anda sehat, berat badannya bagus.. Itu berat ideal untuk bayi usia 6 bulan.. Dan itu bisa jadi salah satu alasan kenapa bayi Anda belum kuat untuk tengkurap. Untuk bayi yang mempunyai berat agak lebih, tengkurap adalah posisi yang melelahkan..

    Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

    Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu ..

    Anda jangan khawatir karena perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda.. Apabila sudah waktunya bayi Anda akan tengkurap juga, bahkan yakin deh tengkurap akan jadi posisi favorit bayi Anda.. ;-)

  89. tipsbayi January 26, 2010 at 9:59 am #

    Sena:

    Anda jangan terlalu khawatir, karena perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda. Apabila sudah saatnya, leher bayi Anda akan tegak juga kok.. Bahkan aktifnya bayi Anda memiringkan badan ke sebelah kiri adalah pertanda perkembangan kemampuan bayi Anda cukup baik.. ;-)

    Untuk miring ke sebelah kanan sementara bisa Anda bantu. Dengan cara sesekali posisi tidur digilir. Anda bisa menggunakan bantal untuk mengganjal badan bayi Anda sementara sebelum bisa miring dengan sendirinya..

  90. tipsbayi January 26, 2010 at 9:49 am #

    mama Davin:

    Jangan khawatir bayi Anda NORMAL kok.. Sebenarnya banyak berkeringat merupakan pertanda baik karena berarti kelenjar keringat berfungsi sempurna. Pengeluaran keringat merupakan proses sekresi atau pembuangan sisa-sisa garam dan juga racun dari dalam tubuh.

    Seberapa banyak pun keringat bayi yang keluar sebenarnya normal saja sepanjang bayi tidak terganggu oleh keringatnya. Masih dikatakan wajar bila bayi tidak rewel, selera makannya tetap oke, porsi tidurnya cukup, dan pertumbuhannya tidak terganggu… :-)

    Keringat perlu diwaspadai sebagai pertanda gangguan kesehatan jika dibarengi dengan keluhan lain semisal mendadak rewel, tak mau makan/minum/menyusu, susah tidur, lemah, dan sebagainya.

    Solusi :
    * Mandi secara teratur dan keringkan dengan handuk lembut.
    * Ketika berkeringat, seka badan dengan lap basah dan keringkan kembali dengan handuk kering.
    * Gunakan baju yang berbahan katun dan nyaman dipakai (tidak terlalu sempit), untuk mengurangi panas.
    * Jagalah ventilasi ruangan, agar pertukaran udara berlangsung lancar dan lebih sejuk.
    * Untuk kakinya seringlah dipantau, usahakan selalu kering..

  91. tantya January 25, 2010 at 6:14 am #

    sama dengan sena, anak saya juga waktu usia 3 bulan dah bisa memiringkan badan ke kiri dan kekanan dan kadang bisa tengkurep walau ujung2nya nangis krn gak bs balik badan sendiri. tapi sekarang di usia 4 bln(BB=5kg, TB=64cm) malah gak bisa memiringkan badannya apalg tengkurep. kalo di tengkurepin malah nangis. kira2 kenapa ya penyebabnya? apakah normal spt itu? ato pengaruh dari BBnya yang terbilang kurus?mohon pencerahannya. terima kasih

  92. ummu fauzan January 24, 2010 at 2:07 am #

    anak saya sudah 5 bulan berat 7,3 kg belum mahir tengkurap, belum 1 menit udah nangis. tapi dia suka diberdirikan mandipun kalo gak sambil berdiri dia nangis,selalu banyak mengoceh dan tertawa. kata DSAnya dibiarin aja dia nangis nanti dia kreatif sendiri. saya khawatir dia gak kunjung bisa tengkurap. mohon solusinya?

  93. Sena January 5, 2010 at 6:14 am #

    anak saya usia 3 bulan dia bisa memiringkan badannya ke kiri kalau kekanan tidak bisa apakah normal? .untuk angkat kepala blm tegak benar,apakah biasa aja tapi anak yang seumuran anak saya sudah tegak benar angkat lehernya

  94. marsidi December 27, 2009 at 2:48 am #

    terimaksih tlah memberi informasi penting tentang bayi sangat membantu aq

  95. mama Davin December 8, 2009 at 3:09 pm #

    Bayi saya usia 4 bulan 24 hari sering sekali berkeringat, tidur pun juga berkeringat terutama pada bagian kepalanya, padahal sudah diruang ber AC. Saya khwatir apakah normal..Akhir-akhir ini malah telapak kakinya berbau, bagaimana cara menghilangkan bau kakinya itu karena meski saya beri bedak baunya tidak hilang.

  96. tipsbayi December 8, 2009 at 4:39 am #

    Ani:

    Insya Allah usia bayi Anda masih 2 bulan, masih ada kemungkinan bentuknya membaik..

    Posisi tidur bayi Anda jangan selalu terlentang sekali-kali miring kiri dan kanan, bila tengkurap hati-hati harus selalu diperhatikan .. ;-)

  97. tipsbayi December 8, 2009 at 4:33 am #

    mimi zaki:

    Memang benar, untuk bayi yang mempunyai berat yang lebih, tengkurap adalah posisi yang melelahkan.. Akan tetapi tetap saja Anda bisa melatih dan membiasakan zaki untuk tengkurap walaupun sebentar.. ;-)

    Jangan terlalu memaksa zaki untuk tengkurap dalam waktu yang lama karena ini akan membuat zaki trauma..

  98. Ani December 7, 2009 at 6:32 am #

    Terima kasih tips bayi, artikel ini sangat membantu saya, oia bayi saya baru berumur 2 bulan, kebetulan kepalanya tidak rata (udah peang) masih bisa dibentuk sempurna lagi g ya? oia saya selalu menidurkannya slm posisi terlentang..baru sekarang2 saya coba tengkurapkan tapi waktu dia lagi bangun..

  99. mimi zaki December 3, 2009 at 2:34 am #

    umur zaki skrg 4 bulan 1 minggu,pd awaL umur 3buLan zaki udh TerLihat mo Tengkurap,Tp smakin Lama dy terlihat malas untk belajar tengkurap,mauny selalu ditengkurepin.apakah itu berarti pertumbuhan anak saya terlambat?pdhl untk seusia dy udh bs tengkurap,tp kl diajak bermain dy kelihatan sangat lincah,apakah krn faktor berat badan?zaki berat badanny skrg 8kg.mohon penjelasan dan saranny.terima kasih.

  100. tipsbayi November 23, 2009 at 3:58 am #

    Ummi Nindya:

    Berat badan bayi Anda termasuk ideal.. :-)

    Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh, bila bayi mendadak rewel tidak biasanya Anda harus jeli apa kira-kira yang dirasakan bayi Anda..

    Saran.., bentuk kebiasaan pada bayi Anda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya ketika bangun, disusui atau ditenangkan dengan bisikan akan membentuk pola tidur bayi Anda yang bagus..hindari menggendong bayi Anda atau membiasakan dengan ayunan ketika terbangun ini akan menjadi kebiasaan yang kurang baik.., beri makan atau susui ketika hampir masuk jam tidur, redupkan cahaya lampu ketika masuk jam tidur, jauhkan dari kebisingan..ini akan membantu lelapnya tidur bayi Anda.. :-)

  101. Ummi Nindya November 21, 2009 at 6:45 am #

    umur nindya sekarang 2 bulan 10 hari, sampai skrg makannya ASI doang belum dikasi tambahan apa2, pernah dicoba kasih susu formula malah muntah… kalo masalah makan sepertinya ga rewel atau kurang…bbnya skrng 5,2kg (termasuk normal ga)? tapi kok kalo mau tidur rewel kadang nangis ga keluar air mata (eee”’…) kadang juga smp keluari air mata, tidurnya mau dinina bobo atw ditiduri dalam ayunan (sepertinya sudah ketergantungan pada ayunan) ada pengaruh ga untuk perkembangan nindya kedepan kalo tidurnya diayunan? terus bagaimana cara mengatasinya? thk!

  102. mama owen November 15, 2009 at 11:42 am #

    saya juga pengen curhat aja, karna keluhan saya sama dengan beberapa mama.. anak saya yang kedua (skrng 5 bln) kepalanya juga aga peang.. tapi saya jadi optimis kedepan pasti bisa baik lagi… cahyoooo mama2

  103. tipsbayi November 14, 2009 at 1:24 am #

    ira:

    Rata-rata pada usia 4 bulan. Silahkan Anda baca: http://www.tipsbayi.com/index.php/perkembangan-bayi-0-4-bulan

  104. ira November 13, 2009 at 8:00 am #

    anak saya berusia 3 bulan 4 hari, saya mau tanya kapan seh anak dapat tengkurap sendiri???

  105. tipsbayi November 10, 2009 at 3:49 am #

    agus:

    Apakah bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya sendiri? Apabila sudah bisa Insya Allah tidak apa-apa, memang usia segitu bayi punya refleks dan insting sendiri untuk mencari posisi tidur yang paling enak, nyaman, dan tak membahayakan dirinya. Jadi, Anda tidak perlu terlalu khawatir… :-)

    Akan tetapi apabila bayi Anda belum bisa mengangkat kepalanya sendiri meskipun baik untuk perkembangannya sebaiknya Anda jangan meninggalkannya sendirian dan balikkan ke posisi terlentang ketika ia sudah terlelap..

  106. tipsbayi November 10, 2009 at 3:35 am #

    Wida:

    Makan minum cukup kuat ya..? Bayi Anda tidak rewel kan? Selama bayi Anda makan minum kuat, masih memperlihatkan perkembangan secara bertahap dan bayi Anda tidak rewel, Anda tidak perlu terlalu khawatir.. bayi Anda masih NORMAL, hanya saja berat badan bayi Anda memang tergolong kecil.. :-)

    Meskipun demikian ada baiknya juga Anda konsultasikan dengan DSA..

    Perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda, berikanlah selalu ransangan untuk memotifasi bayi Anda agar perkembangan kemampuannya terbantu..

  107. agus November 9, 2009 at 10:41 pm #

    sejak usia 1 bulan, bayi saya sudah saya ajarkan untuk tidur tengkurap, sampai sekaran usia 1,5 bulan sepertinya dia lebih nyaman untuk tidur tengkurap baik siang maupun malam, apakah hal itu baik untuk perkembangannya ?

  108. Wida November 9, 2009 at 5:59 am #

    anak saya sudah berusia 7 bulan tapi berat nya baru 6kg.padahal untuk makan dan minum susu nya cukup kuat, dan di usia 7 bulan ini juga dia baru bisa tengkurap,belum bisa membalikan badannya sendiri..memang ketika lahir ia kekurangan oksigen dan diberi tambahan oksigen oleh dokter.

    saya jadi khawatir…. apakah hal ini normal atau tidak???

  109. tipsbayi October 14, 2009 at 3:58 am #

    umi :

    Bayi Anda sudah mendapatkan MPASI maka semangat minum susunya akan sedikit berkurang, meskipun demikian ASI masih tetap makanan utamanya maka harus tetap Anda berikan minimal 4 waktu sehari..

    Berat ideal bayi 6 bulan 7,8 kg

    Anda jangan terlalu khawatir apabila bayi Anda masih memperlihatkan perkemangan secara bertahap..

  110. umi October 13, 2009 at 5:44 am #

    anak saya berusia 6 bulan, kenapa ya.. sikecil mulai malas minum susu dan berapa berat idealnya ?

  111. tipsbayi October 5, 2009 at 3:51 am #

    Fanny :

    Pada usia 2-12 bulan, umumnya bayi tidur selama 9-12 jam pada malam hari dan tidur siang 1-4 kali sehari. Pola tidur bayi dan batita akan berubah sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya.

    Pola tidur yang baik pada bayi dan batita paling ideal dibentuk ketika mereka berumur 3-6 bulan. Ciri bayi dan batita yang mendapat cukup waktu tidur adalah mudah tertidur malam hari, mudah terbangun pagi hari, tidak rewel, mudah diatur, dan tak memerlukan tidur siang yang melebihi kebutuhan sesuai dengan perkembangannya.

    Sedangkan bayi 2 bulan membutuhkan durasi minum ASI 3-4 jam sekali, maka dalam rentang waktu tidurnya Anda perlu juga memperhatikan kebutuhan ASI bayi Anda, Anda bisa berikan sewaktu bayi Anda bangun atau bisa saja terpaksa bangunkan bayi Anda perlahan dan berikan ASI.., sepertinya kalau untuk mandi tidak usah dibangunkan .. :-)

  112. Fanny October 4, 2009 at 2:45 am #

    Anak saya umur 2 bln, sekitar 3 hr ini pola tidur dia agak lama, tidur dr jam 11 malam bangun jam setengah 6 pagi, trs menyusui ASI, tidur lagi dr jam 7 pagi hingga jam 11 siang. Pernah dilanjut dr jam 8 pagi hingga jam 1 siang (5 jam). Selebihnya, spt biasa tidur 2 atau 3 jam sekali.
    Jadi untuk mandi paginya baru dimandikan siang krn tdk tega untuk membangunkannya (bayi terlihat pulas dan nyenyak). Apakah kondisi tidur yang lama spt itu tidak apa2? harus dibangunkankah kalau tidur lebih dr 3 jm?

  113. tipsbayi September 14, 2009 at 4:03 am #

    leny :

    Perkembangan kemampuan setiap bayi memang berbeda, bayi Anda aktif ya.. tidak apa yang penting dampingi terus bay Anda jangan tinggalkan bayi Anda tanpa pengawasan walaupun untuk sekejap karena akan membahayakan untuk keselamatan bayi Anda..

    Apakah bayi Anda elergi susu formula sapi? Tetapi mungkin ada alasan kenapa dokter menyarankan demikian.., yang jelas dan sudah tidak ada perdebatan lagi bahwa susu yang terabaik untuk bayi adalah ASI.. sekali lagi ASI.. tidak ada yang menyamai meskipun susu formula mahal sekalipun, jadi sebisa mungkin berikanlah ASI pada bayi Anda.. :-)

  114. leny September 12, 2009 at 2:39 am #

    anaknya saya baru mau 3 bulan, tapi dia sekarang sudah mulai insut2 perutnya, apa itu tidak terlalu cepat?? anak saya terlalu atraktif, sehinngga saya takut badanya terkilir ato lehernya patah.
    susu buat bayi di bawah 6 bulan apa yang lebih bagus susu sapi ato susu kedelai????? soalnya anak saya dianjurkan dokter minum susu kedelai??????

  115. Gina August 24, 2009 at 3:54 am #

    Anakku juga tidurnya maunya tengkurap aja.. baru 3 bulan..
    lucu seh..tapi kadang kasihan kalo kelamaan

  116. tipsbayi August 22, 2009 at 3:37 am #

    halima :

    Bisa tidur berjam-jam ya.., memang posisi tidur tengkurap seperti itu untuk sebagian bayi adalah posisi favoritnya.. termasuk bayi kakak Anda, bila memang dengan posisi demikian membuat nyaman bayi, maka baik-baik saja.. :-)

    Yang penting perhatikan saja keamanan tempat tidurnya, jangan sampai ia terjatuh misalnya dan jauhkan pula ia dari benda-benda yang bisa menghalanginya bernafas dengan leluasa.. :-)

  117. halima August 20, 2009 at 4:39 am #

    alhamdullilah saya dapat info baru tentang bayi yang ada baiknya tidur tengkurap, tapi terkadang anak kakak saya berusia 4 bulan pada saat ditidurkan telentang dia akan membelikkan badannya sendiri (dalam keadaan tengkurap) dan jika dibiarkan dia bisa tidur berjam-jam dalam keadaan tengkurap. apakah itu juga baik? ada yang bisa menjawab. mksh

  118. tipsbayi August 12, 2009 at 4:08 am #

    bunda nabil :

    Oh Anda berikan susu formula ya.., memang salah satu kelebihan ASI adalah mencegah kegemukan bayi.., jadi hmm..apakah Anda bisa berusaha memberikan bayi Anda ASI? Bila Anda sibuk sebenarnya bisa kok ASI Anda dipompa dan disimpan pada botol di lemari es yang nantinya bisa diberikan pada bayi Anda, sebelumnya ASI bisa dihangatkan dengan cara merendam botol susunya pada tempat berisi air panas, praktiskan..? :-)

    Umur 3 bulan berat idealnya 5,7 kg panjang 60 cm, 4 bulan berat ideal 6,3 kg panjang 62,5 cm jadi 3 bulan lebih diantara itu kali ya…

  119. bunda nabil August 11, 2009 at 9:29 am #

    Bayi saya minum susu formula, tapi waktu minum sesuai aturan kok, skrg tiap 2.5 jam 90 ml, tapi emang suka tidur sich, apa mungkin itu ya jadi bayi saya gemuk karena susu formula yang saya kasih kandungan lemaknya cuma sedikit. Berapa berat ideal untuk bayi usia 3 bln lebih? dan berapa max berat badan bayi?karena saya takut berpengaruh pada jantung bayi saya.Jalan2 pagi hari apa bisa menurunkan berat badan bayi?apa ada olahraga untuk bayi usia 3 bln? terima kasih atas sarannya

  120. tipsbayi August 11, 2009 at 4:20 am #

    bunda nabil :

    Hmm.. :-) Normal saja.. karena bayi Anda masih proses belajar tengkurap.., sepertinya motivasinya bagus meskipun yang terangkat pantatnya.. :-)

    Gemuk .. mungkin ada turunan juga kali..? Tetapi biasanya bila Anda berikan ASI ekslusif sampai 6 bulan dan diteruskan dengan ditambah MPASI dengan terus memberikan ASI sampai minimal 1 tahun atau lebih bagus sampai 2/ 2,5 tahun.. maka Insya Allah bayi Anda akan mendapatkan berat badan yang ideal.. :-)

    Dengan catatan juga ketika bayi Anda mendapatkan MPASI kelak.. Anda bisa mengatur pola makan dan istirahat yang baik untuk bayi Anda..

  121. bunda nabil August 7, 2009 at 5:16 am #

    Bayi saya tgl 29 juli kemarin pas 3 bln dan beratnya 7.6 kg. Jika memang bayi saya kegemukan bagaimana caranya agar beratnya ideal dengan usianya? kemarin saya coba tengkurapin, dianya saya ajak main2, kelihatannya dia senang tapi yang diangkat bukan kepalanya tapi pantatnya?apakah itu normal

  122. tipsbayi August 7, 2009 at 4:13 am #

    bunda nabil :

    Memang benar bayi Anda termasuk gemuk.. ;-)
    Dan itu salah satu alasan kenapa bayi Anda belum kuat untuk tengkurap.., tetapi cara Anda menengkurapkan di dada Anda adalah cara yang benar.., buat agak miring jangan terlalu rata.., tengkurapkan dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kemampuan bayi Anda.. bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal takutnya akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

    Benar yang dibilang ummu fudhail.. bila dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu jangan dulu ditengkurapkan..

  123. silvy August 7, 2009 at 4:05 am #

    anak saya fahri sudah mulai tengkurap sejak baru lahir itu saya dapat dari dokter anak dimalaysia karena sangat bagus untuk perkembangan otak anak

  124. tipsbayi August 7, 2009 at 4:05 am #

    evi :

    a. Bila memang sebelumnya pernah minum sufor berarti bisa dipastikan bukan karena elergi susu sapi.., coba Anda ganti rasa yang lain.., bila masih juga demikian, coba Anda buat sendiri makanan untuk bayi Anda.., bila masih demikian sebaiknya Anda periksakan ke DSA agar mendapat diagnosa yang tepat..
    b. Perkembangan kemampuan setiap bayi memang berbeda-beda, Bisa jadi memang sudah ada kemauan merayap.., tapi perlu diperhatikan juga kemungkinan juga pinggangnya belum kuat menopang badan sehingga berbuat demikian.., ada baiknya untuk sementara bayi Anda disandarkan dengan kemiringan yang tidak terlalu membebani pinggangnya..
    c. Samabil sesekali dibiarkan berusaha untuk tengkurap sendiri.. tidak apa-apa kita bantu tengkurapin bila bayi Anda telah kelihatan kesal.. :-)

  125. tipsbayi August 7, 2009 at 3:23 am #

    Kei Delilah’s mom :

    Terkadang ada saran dokter kepada ibu yang baru melahirkan “untuk sementara bayi Anda jangan dulu pakai bantal..”, dan kebanyakan pendapat bahwa bayi yang masih dibawah 3 bulan sebaiknya tidak pakai bantal dulu.., akhirnya setelah bayi menemukan enaknya tidur dan orang tua sudah bisa melihat kebiasaan bayinya maka bisa memutuskan apakah perlu pakai bantal atau tidak.., misal untuk bayi yang suka tidur tengkurap dianjurkan untuk tidak pakai bantal apalagi bantal yang empuk..ini akan menghalangi nafas bayi..

  126. ummu fudhail August 6, 2009 at 8:49 pm #

    anakku yumna sekarang udah genap 3 bulan sudah bisa tengkurap. Kalo sedang main sering kubaringkan miring dengan mengganjal bantal pada belakangnyA. Tapi inget ya bu’ , kalo lagi kenyang dede’nya jangan diajak tengkurap dulu karena perutnya lagi penuh.

  127. bunda nabil August 6, 2009 at 5:45 am #

    anak saya sekarang dah 3 bln lebih tapi kok belum tengkurap2 ya…,beratnya sekarang 7.6 kg,apakah berat tsb ideal u/ bayi seumuran 3bln?kalo memang kegemukan bagaimana caranya agar bayi saya ideal ( tidak kegemukan )?pernah saya coba tengkurapkan di dada saya, tapi nafasnya terengah-engah, bagaimana cara melatih bayi saya tengkurap dan berapa lama waktunya?
    terima kasih atas saran dan infonya

  128. evi August 4, 2009 at 8:29 am #

    anak saya skrg berumur 6 bln 1 hari.dia udah saya coba memperkenalkan bubur instan rasa ayambayam,hny sedikit sy berikan langsung wajahnya bentol2 kemerahan..mgkkah dia alergi thd makanan tsb…yg ingin sy tanyakan adalah:
    a..apakah sy tggu sekitar seminggu dulu dan sy coba lg mknan tsb atau tak usah lg sy berikan tapi digantikah dgn rasa yg lain?
    b..dia klo didudukkan selalu baring kedepan seolah2 mau merayap,apakah udah waktunya?
    c..dia gak bisa tengkurap sendiri hrs sy yg memulainya dulu,apakah itu mengganggu pertumbuhannya?tolong sarannya ya..thanks

  129. Kei Delilah's mom August 3, 2009 at 6:43 pm #

    Kt org pake bantal bolong biar g peang, eh tp ttp aj kpl bayiq agak peang. Smjk bs tidur miring&tngkurep bayiq g pnh bantalan, hbs tdrx muter2 trs. Bagusnya bayi tdr pake bantal ato gak sih? Mhn pjlsn tq

  130. tipsbayi August 3, 2009 at 3:58 am #

    RINI.A :

    Perkembangan kemampuan bayi berbeda-beda, banyak faktor ikut mempengaruhi perkembangan bayi, jangan terlalu khawatir.. :-)

    Anda bisa melatihnya ditengkurapin meskipun tidak lama, ini akan meransang agar bayi Anda terbiasa untuk tengkurap..

  131. RINI.A August 2, 2009 at 3:57 am #

    Bayi ku 4 bln tp blm biz tengkurep 5endiri tp 5dh biz miring…m5lh tdk dgn kondi5i 5pt itu??? thx

  132. tipsbayi August 1, 2009 at 3:53 am #

    lilyan :

    Bayi punya insting sendiri dengan posisi favoritnya.., bila sudah waktunya dia senang tengkurap pasti dia tidak akan protes ditengkurapin.. ;-)

    Wajar..ketika bayi Anda umur 2 bulan memang ukuran lambungnya masih sangat kecil, jadi gampang penuh dan gampang lapar, jadi ketika bayi Anda ditengkurapin meskipun sudah sendawa karena lambungnya penuh maka kemungkinan akan muntah..

    Untuk umur 4 bulan lebih sudah waktunya Anda melatih bayi Anda tengkurap, jangan khawatir dengan pengalaman sebelumnya.., percaya deh bayi Anda akan senang ditengkurapin karena tengkurap adalah posisi favorit bayi umur segitu.. ;-)

  133. tipsbayi August 1, 2009 at 3:38 am #

    bunda nabil :

    Perkembangan kemampuan bayi berbeda-beda, termasuk faktor berat badan juga ikut mempengaruhi perkembangan bayi, jangan terlalu khawatir.. :-)

    Kami sarankan berikan ASI ekslusif untuk bayi Anda.., berusaha sering melatih bayi Anda posisi tengkurap meskipun tidak lama..

  134. lilyan July 31, 2009 at 9:34 am #

    bayi sy 4 setengah bulan, sdh mulai belajar tengkurap sendiri. tp klo uda tengkurap dianya seperti tdk suka biasanya dia teriak2. sktr usia 2 bln sy tengkurapin eh malah muntah (sudah terjadi bbrp kali). padahal sblmnya sdh disendawakan. makanya sy jd takut utk tengkurapin. apakah itu wajar? klo sy tidurin miring dia malah balik terlentang lg.

  135. bunda nabil July 29, 2009 at 7:41 am #

    anak saya 3bln tapi belum bisa tengkurap, padahal bayi lainnya udah bisa tengkurap,klo dimiringkan dia balik lagi terlentang tapi dia suka digendong berdiri hadap saya krn kepalanya bisa ditegakkan, bagaimana ya caranya agar dia bisa tengkurap? apa karena dia terlalu gemuk ya…(berat badannya skrng 7.6)
    Mohon sarannya agar anak kami berkembang sesuai umurnya

  136. tipsbayi July 29, 2009 at 3:56 am #

    Kei Delilah’s mom :

    Hmm..lucu sekali bayi Anda.. :-) , tetapi Anda harus lebih berhati-hati jangan dudukan bayi Anda dengan kemiringan yang memerlukan tumpuan kuat pada pinggang karena belum waktunya.., bila akan didudukan, sandarkan bayi Anda dengan kemiringan yang tidak memungkinkan bayi Anda bagun dengan sendirinya, jangan sekali-kali Anda meninggalkan bayi Anda walau sekejap tanpa pengawasan.., karena bisa berbahaya lho..

  137. tipsbayia July 29, 2009 at 3:46 am #

    gina :

    Maaf baru di jawab nih.. :-)

    Boleh saja…Insya Allah tidak apa-apa apalagi bayi Anda sudah bisa mengangkat kepalanya sendiri, memang usia segitu bayi punya refleks dan insting sendiri untuk mencari posisi tidur yang paling enak, nyaman, dan tak membahayakan dirinya. Jadi, Anda tidak perlu terlalu khawatir…

    Yang penting perhatikan saja kemanan tempat tidurnya, jangan sampai ia terjatuh, misalnya dan jauhkan pula ia dari benda-benda yang bisa menghalanginya bernafas dengan leluasa. ;-)

  138. Kei Delilah's mom July 29, 2009 at 1:33 am #

    Kei 3.5bl, sdh mulai tngkurep, kl tngkurp kpalax ngangkat trs&noleh2 trs, seems she is curious of smth nu. Trs kl didudukkn smbl bsandar kpalax mwna maju2 gt, smp pnh wkt sy tinggal dia ud cium lutut! apa itu tandax mw duduk? Pls infox krn kan umur br 3bl &br bs kurep. Tq

  139. gina July 18, 2009 at 2:14 pm #

    anak saya 3 bln setengah sudah bisa tengkurap sendiri. sekarang kalau tidur maunya tengkurap. dilurusin lagi, tengkurap sendiri lagi. jadi setiap tidur maunya tengkurap terus. boleh tidak ya?

  140. winaria lubis July 17, 2009 at 5:35 am #

    Ya ALLAAAH… Muhammad anak saya semakin hari semakin menggemaskan. Dari bayi uda kelihatan pintarnya. Sekarang usianya uda 4 bulan 9 hari. Sejak 2 bulan setengah dia uda saya beri bubur nasi tim (disaring) yang saya racik sendiri. Wajahnya kelihatan segar dan sorot matanya indah dan sehat. Sekarang dia mahir sekali berguling-guling di atas kasur, sehingga kami harus berhati-hati bila meletakkannya di atas kasur. Tengkurepnya makin tinggi. Gelak tawanya mampu menghilangkan letih saya setelah seharian kerja di kantor. Suami saya juga tak henti-hentinya mengucapkan syukur kepada ALLAH SWT yang telah mengaruniai kami Muhammad Fadhil Abdillah yang tampan dan sehat. Alhamdulillahirobbil’alamiin.

  141. linna chrisnawati July 7, 2009 at 5:20 am #

    ok makasih yach buat jawabannya,ditunggu tips2 selanjutnya

  142. tipsbayi July 7, 2009 at 4:04 am #

    linna chrisnawati :

    Benar.., latihlah shasha setiap hari, ajak shasha berbicara dan bercandalah dengannya ketika ia sedang tengkurap. Jika ia tertidur dalam posisi tengkurap, maka jangan meninggalkannya sendirian dan balikkan ke posisi terlentang ketika ia sudah terlelap.

  143. linna chrisnawati July 6, 2009 at 4:36 am #

    Bidadari cantikku bernama shasha kini memasuki usia 3 bulan. kalo digendong sudah tidak mau lagi terlentang tetapi maunya dipondong sambil tangan kanannya seperti mengaruk garuk leher yang mengendongnya dan selain itu maunya ditengkurapkan diatas lengan saya. kalo tidur sudah mulai mutar, apakah itu ciri- ciri sebentar lagi mau tengkurap???

  144. tipsbayi July 3, 2009 at 3:52 am #

    Yeni Lastri :

    Insya Allah masih bisa berubah.., bayi Anda sekarang senang tidur miring atau tengkurap itu bagus untuk merubah kepalanya yang agak peyang..

    Tidur tengkurap lama boleh saja mungkin itu lebih nyaman dirasakan oleh bayi Anda , yang penting perhatikan saja keamanan tempat tidurnya, jangan sampai ia terjatuh misalnya dan jauhkan pula ia dari benda-benda yang bisa menghalanginya bernafas dengan leluasa.. :-)

  145. Yeni lastri July 3, 2009 at 12:10 am #

    Anak saya skarang umurnya 5 bulan, dan kepalanya agak peyang (ga bulat) masih bisa brubah ga ya? Sekarang dia juga lebih senang tidur tengkurap atw miring kalau tdr telentang tdrnya jd kurang nyenyak. Ga papa ya tdr tngkurap dlm waktu lama?

  146. yanti June 29, 2009 at 10:12 am #

    mama faiz

    anakku faiz sekarang sudah berumur 6 bln. sekarang dia sudah bisa tengkurap tapi tidak merayap maju kedepan tapi mundur kebelakang. hanya sekali-sekali saja ia maju kedepan setelah itu ia akan terus mundur kebelakang. apakah tidak ada pengaruh pada perkembangannya? mohon penjelasannya……..
    terima kasih atas informasinya kepada saya, sangat membantu saya dalam merawat buah hati saya “faiz”………………Thank”s

  147. agus widodo June 19, 2009 at 5:48 pm #

    dengan ada nya ebook ini saya yang notabene ayah baru sangat terbantu dan saya merasa tenang menghadapi keadaan si bayi

  148. tipsbayi June 11, 2009 at 3:19 am #

    Hani :

    Kepala bayi yang sering berkeringat adalah tanda tubuhnya sedang mengeluarkan sisa-sisa metabolisme tubuh yang tidak bermanfaat. Penguapan cairan melalui keringat di kepala merupakan penguapan terbesar dibandingkan penguapan di tempat lain, misalnya, di tangan dan kaki.

    Ini merupakan mekanisme NORMAL. Anda tidak perlu terlalu khawatir, yang penting cukupkan asupan cairan bayi Anda melalui pemberian ASI, dan sering-seringlah Anda ngelap kepalanya.. :-)

  149. tipsbayi June 11, 2009 at 3:02 am #

    Bahrum :

    Jangan bingung kalau kaki bayi Anda yang baru lahir terlihat berbentuk “O”. Tak perlu membedongnya seperti lontong agar lurus atau memijatnya karena langkah seperti itu sama sekali tidak tepat.

    Tanpa bedong, jika tidak ada kelainan apa-apa, di usia 2 tahun, kaki anak yang semula membentuk huruf O akan lurus dengan sendirinya. Justru harus dipertanyakan jika kaki bayi selagi berusia di bawah setahun tidak membentuk pola huruf O.. ;-)

  150. Hani June 10, 2009 at 6:05 am #

    Bayi saya berumur 4 bulan. Kepalanya sering banget keringatan. walaupun sudah pake AC tp tetap aja keringatan. Apa keringatan itu ada faktor keturunan? karena kakeknya juga begitu. Mamanya juga sih.. Apa keringatan itu normal? saya belum konsultasi ke dokter sih.. mohon penjelasannya donk. trims…

  151. Bahrum June 10, 2009 at 6:01 am #

    anak saya baru berumur sekitar 2 minggu, dia memiliki bentuk kaki seperti huruf O, gimana cara agar bentuk kaki anak saya tidak seperti itu lagi?klo dipijat apakah cukup aman buat bayi?

  152. tipsbayi June 4, 2009 at 4:02 am #

    mama jordan :

    Sebenarnya dengan bentuk kepala seperti itu, mereka tetap imut-imut, kok.. ;-)

    Insya Allah masih bisa berubah.., Anda bisa coba fariasikan tidurnya dari terlentang sekali-kali miring kiri dan kanan, atau tengkurap .., dan jangan dibiasakan tidur digendongan terlalu lama.. :-)

  153. mama jordan June 3, 2009 at 6:16 pm #

    Anakku dr 4 bln udh tngkurap..wktu umur 2 blnan skali kali sk d tngkurapin..tp gk lama2 soalnya takut n msh ragu2,maklum anak prtma..krna trbiasa trlentang alhasil kepalanye jd peang tu!! Tp skrg dia udh mau 9bln,tidurnya tengkurep mulu..kepalanya bs kmbali kesemula gk ya,apa ada cara biar kplanya gk peang?(buat yg udah trlanjur peang)..

  154. tipsbayi June 3, 2009 at 4:10 am #

    epi :

    Apakah bayi Anda sudah dibawa ke dokter ?
    Sebenarnya, “Masuk angin” merupakan gejala penyakit yang masih harus dicari diagnosisnya secara lebih mendalam. “Masuk angin” masih merupakan gejala awal dari suatu penyakit..

    Kami sarankan sebaiknya bayi Anda dibawa ke DSA.. :-)

  155. Dian kurniawati June 3, 2009 at 2:11 am #

    Anak kedua kami (laki2) saat ini berumur 3bln lbh tapi belum bisa tengkurep, padahal kakaknya dulu 2bln sudah bisa bolak balik. Apakah ini karena badannya yg kegemukan? (beratnya sekarang 7,8kg).
    Mohon sarannya agar perkembangan anak kami sesuai dengan umurnya.

  156. epi June 2, 2009 at 8:45 am #

    bayi aku 7bln, lengan sebelahnya kirinya selalu berkeringat, sedangkan yg kanannya tidak, apakah itu pertanda masuk angin?? krn akhir2 ini makannya malas dan lama dan badannyapun semakin lembek (tidak sekel). kalau benar masuk angin harus di beri apa dan apa tindakan saya??

  157. tipsbayi June 2, 2009 at 4:09 am #

    nori fiorentina s :

    Memang perkembangan kemampuan bayi berbeda-beda, termasuk faktor berat badan juga ikut mempengaruhi perkembangan bayi, jangan terlalu khawatir.. :-)

    fahdi :

    Lihat dan perhatikan baik-baik kondisi bayi Anda. Apakah setelah jatuh langsung menangis dan menggerak-gerakkan semua anggota badannya? Jika ya, kita bisa langsung menggendong untukmenenangkannya. Setelah ia tenang, baru lakukan observasi.

    - Adapun observasi yang perlu dilakukan adalah:

    + Cari dan ingat bagian-bagian mana saja yang lebam/benjol/ memar di seluruh anggota badan bayi Anda. Jika menemukan benjolan di kepala atau memar di badan, boleh diobati dengan obat antitrauma oles. Jika pada bagian kepala tidak ditemukan lebam atau benjol, tapi bayi Anda menangis saat dipegang, larikan segera ia ke rumah sakit terdekat.

    + Coba gerakkan kedua tangan bayi Anda, ke samping, ke atas, ke bawah, ke depan, lalu rentangkan dan angkat-angkatlah. Jika ada keluhan pastikan di tangan yang mana dan saat dalam posisi seperti apa. Ini sebagai bahan untuk dilaporkan ke dokter.

    + Lakukan hal yang sama pada kaki.

    + Tengokkan kepala bayi Anda ke kanan dan ke kiri. Coba dekatkan dagu bayi Anda ke dada secara perlahan. Jika ada keluhan catat sebagai laporan pada dokter.

    + Miringkan badan bayi Anda ke kiri dan ke kanan. Jika ada keluhan catat dan laporkan ke dokter.

    - Observasi perlu dilakukan selama 2×24 jam. Jika dalam kurun waktu itu ada keluhan, apalagi sampai muntah dengan menyembur, segera
    larikan ke rumah sakit terdekat.

  158. fahdi June 2, 2009 at 1:39 am #

    Pagi ini anak kami asa usia 5 bln jatuh dari tempat tidur setinggi 60cm, kemana dan apa yang harus kami lakukan? Mohon pencerahannya.

    Thanks,
    Fahdi

  159. Andini June 1, 2009 at 4:36 pm #

    Anakku br 3bln 4hari beratnya 6,8kg & dia senang loh klo kmi tengkurapin malah kmi suka nengkurapin dia soalnya lucu krn lehernya dTegakkannya (spt kura2) serta kakinya pun dGerakkan dg lincah truz apa iya dgn tengkurap bisa mengurangi dengkuran & kagetan pd wktu bayi tertidur,soalnya anakku klo tdr suka kagetan? Thx ats jwbannya

  160. vita June 1, 2009 at 4:10 pm #

    manfaat tidur tengkurep sangat banyak loch… anak saya dari baby usia 1 bulan sudah coba ditengurapin walau waktunya tidak lama paling 10 menit dengan posisi kepala diganti-ganti kanan kiri , alhasil pada usia 3 bulan sudah dapat tengkurap sendiri, sekarang usianya sudah 6 bulan sudah dapat merangkak dengan mengunakan telapak kaki bukan dengkul aktiv banget sampai saya jadi takut kalau my baby jungkir balik dan seperti kayak sudah mau jalan ( saya mau taruh my baby di box yang dapat merembet ). Apa pada usia 6,5 bulan sudah dapat merembet

  161. nori fiorentina s June 1, 2009 at 7:19 am #

    bayi saya berumur 7bln 21hari..tp dia belum bs duduk,atau merangkak..apakah itu normal??? berat badannya 8.8kg tingginya 72cm… sedangkan bayi yg lain 8 bln sdh duduk atau sdh dititah..
    tolong bantuannya ya…

  162. tipsbayi June 1, 2009 at 4:29 am #

    Juli :

    Insya Allah masih bisa berubah.., Anda bisa coba fariasikan tidurnya dari terlentang sekali-kali miring kiri dan kanan, atau tengkurap bila telah siap..

    Hmm.. kalau untuk ngemut tangan memang normal saja memang insting bayi umuran segitu begitu.., tapi hendaknya Anda cegah dengan perlahan tangannya agar tidak jadi kebiasaan apalagi sampai tidak mau makan, misalnya bila telah tertidur bisa Anda tarik perlahan.. ;-)

  163. tipsbayi June 1, 2009 at 4:22 am #

    winaria lubis :

    Cita-cita yang mulia .., Amin.. :-)

  164. tipsbayi June 1, 2009 at 4:19 am #

    nila :

    Secara umum, bentuk kepala bayi yang baru lahir tidak mempengaruhi tingkat kecerdasannya, karena yang terjadi adalah di luar jaringan otak (di antara tulang dan kulit kepala), jadi tidak usah terlalu khawatir..

    Bentuk kepala masih bisa berubah sampai kepalanya mulai keras..ditandai dengan hilangnya lubang dikepala yang empuk..

    Jadi posisi tidur bayi Anda jangan selalu terlentang sekali-kali miring kiri dan kanan atau tengkurap, tetapi bila tidur tengkurap hati-hati harus selalu diperhatikan.. ;-)

    yanti :

    2,5 bulan ya.., bagus di ganti-ganti posisi tidur miringnya ke kiri atau ke kanan, kalau tidur tengkurap perhatikan saja kemanan tempat tidurnya, jangan sampai ia terjatuh, misalnya dan jauhkan pula ia dari benda-benda yang bisa menghalanginya bernafas dengan leluasa.

    Mendengkur tidak masalah, betulkan posisi tidurnya.. ;-)

  165. ely June 1, 2009 at 2:18 am #

    terimakasih infonya, ternyata benar juga kata orang tua ya…biar kepala bayi tidak bopeng, dulu sih diterima aja komentar dari orang tua tapi saat tahu teori sebenarnya dari tips bayi…duch terimakasih

  166. junie May 30, 2009 at 9:52 am #

    wah saya telat membaca artikel ini.maklumlah ini anak pertama saya.anak saya sekarang sudah 1 tahun 5 bulan.kepalanya terlihat peang karena ketidaktahuan saya.kalau sudah kejadian bagaimana ya caranya agar kepala anak saya bisa kembali seperti semula.karena jika rambutnya di botak pasti deh keliatan peangnya.gak bisa jadi aparat dong.hehe.mohon selusinya.terimakasih

  167. Juli May 30, 2009 at 4:51 am #

    Bayi aku skrg umur 4 bln 3 hari lg belajar tengkurap..ternyata aku br tau terkurap bgs. Bayi aku dr lhr tdr telentang bahkan aku jg biar kplnya ga miring alhasil kpl anak peang lo.. Itu msh bisa dibagusin ga ya?
    Trus skrg ank aku suka skali emut tgn sampai2 kl dah wktu mkn susunya dimainin bahkan kdg sampai ga mkn. Normal ga sih?

  168. tipsbayi May 30, 2009 at 4:29 am #

    fahdi :

    Kemampuan dan perkembangna bayi berbeda, tapi kebanyakan bayi akan mulai belajar duduk pada umur 6 bulan, anak akan menggunakan tangan untuk menopang badan saat duduk, merubah posisi dari terlentang ke tengkurap..

    Bantulah bayi untuk dapat menopang badan saat duduk dengan cara bertahap mulai dari memberi sandaran, memegang badan bayi, dan saat sudah bisa duduk, letakan bayi pada tempat tanpa sandaran.

  169. tipsbayi May 30, 2009 at 4:07 am #

    wima :

    Hmm..sepertinya agar lebih jelas dan yakin sebaiknya Anda konsultasikan dengan DSA Anda.., karena dokter akan melihat bagaimana kondisi kulit bayi Anda..,

  170. tipsbayi May 30, 2009 at 4:02 am #

    dity :

    Seringlah ajak anak untuk aktif berbicara tentunya dengan pengucapan yang benar, ajarkan anak berinteraksi dengan yang lain agar ada komunikasi yang aktif, bisa juga di masukan ke kelompok bermain..

    Memang kemampuan dan perkembangan anak berbeda-beda, tapi ada baiknya Anda konsultasikan dengan DSA untuk mengetahui kondisi anak yang sebenarnya..

    Wah 4 bln berat 6 kg bagus .. kelihatannya sehat dan pasti lucu.. ;-)

  171. tipsbayi May 30, 2009 at 3:48 am #

    santy :

    Anda bisa coba dengan VCO (Virgin Coconut Oil) atau Minyak Telon (pilih yang kandungan minyak kelapanya 60%, agar tidak terlalu panas), ada baiknya Anda kunjungi link berikut :

    http://www.tipsbayi.com/index.php/biang-keringat-bayi-penyebab-dan-cara-mengatasinya

    Semoga membantu.. ;-)

    nunu :

    Wah .. lincah ya..? Memang kemampuan dan perkembangan bayi berbeda-beda
    ada yang cepat ada juga yang agak lambat.. , normal kok mba.. :-)

  172. Affan May 29, 2009 at 9:53 am #

    Terima kasih ats info y. Bermanfaat banget nih

  173. Rhena May 29, 2009 at 9:21 am #

    anakku berusia 5 bulan aku baru tau lo kalo posisi tengkurap itu baik buat bayi jadi selama ini kalo’ anakku tengkurap tak balikin terlentang tapi dia sih nglawan aku cuman takut terjadi apa2 ma dia ya gitu deh makane kok kepalanya tuh agak ceper trim ya… informasimu menguntungkanku bsk2 dia kubiarin tengkurap deh

  174. nick sharma kusbernadi May 29, 2009 at 8:43 am #

    wah..syukur dech..ternyata ada untungnya tidur tengkurap…karna sampai usia 1 tahun ini nasya selalu tidur tengkurap…oyah..tdk hanya tengkurap tapi nungging..he..he..sama tdk lupa…ngemut jempolnya….bisa sampe pagi tuh…!!

  175. winaria lubis May 29, 2009 at 6:44 am #

    Kalau cerita tantang bayi ga ada habis-habisnya. Tentang kelucuannya, kepandaiannya yang semakin hari semakin bertambah. Kebetulan aku baru punya satu anak laki-laki berusia 2 bulan 20 hari. Waktu usia 2 bulan yang lalu beratnya 6,1 kg, dengan tinggi badan 62 cm. Kebetulan anakku berkulit putih, dan tampan. (Namanya anak sendiri, ya dipuji dong…ALHAMDULILLAHIROBBIL’ALAMIN). Namanya Muhammad Fadhil Abdillah, lahir hari minggu 11 Rabbiulawal, beda sehari dengan Rasulullah SAW. Aku dan suamiku bahagiaaa….banget. Semoga dia jadi anak yang sholeh, dan cita-cita kami adalah ingin membimbing dia menjadi seorang ulama yang berdakwah tanpa pamrih. Amiiin.

  176. yanti May 29, 2009 at 4:07 am #

    anak sy umur 2,5 tahun sdh mulai miring2 ingin tengkurap sndri, tapi kl tidur msh mendengkur apkah itu tidak masalah?

  177. Nila May 29, 2009 at 12:57 am #

    Anak saya umur 5 bulan msh males klo tengkurep sendiri, harus ditengkurepin dulu. Dulu umur 2 bulan mau klo bobo tengkurep di dada saya, tp sekarang ngga lagi, jadi posisi tidurnya telentang terus, alhasil bentuk kepala bawahnya agak rata. Apa masih bisa berubah bentuk? sampai umur berapa? Harus dalam posisi bagaimana agar bentuk kepalanya bagus?

  178. fahdi May 28, 2009 at 1:55 pm #

    Bayi kami usia 5bln dan sudah bisa tengkurap sendiri saat ini sdh mulai belajar dari tengkurap ke posisi telentang sendiri, kapan bayi bisa belajar duduk sendiri yah…
    Thanks Ebook buat membuat kami semakin pintar mengurus bayi.

  179. wima May 28, 2009 at 1:06 pm #

    anak saya umur 5 bulan, sekarang sudah lancar sekali tengkurap.
    tapi ada masalah dengan kulitnya, kulit dahi dan badannya kering seperti terbakar krna panas, apakah itu biang keringat? kalau biang keringat bintik2 merah kan?

  180. Eny handayani May 28, 2009 at 8:49 am #

    aqiu jg punya baby yang baru tengkurap, hepy bngt lho

  181. dity May 28, 2009 at 8:14 am #

    bayi qu baru mau jalan 4 bulan dengan brat 6 kg apa itu sudah cukup bagus atau kurang….??
    tp dia sdh mau bnyk bicara/ ngoceh lah klo diajak bercanda dia merespon…apa itu sdh bgus…??

  182. dity May 28, 2009 at 8:11 am #

    mau tanya dong aq punya tetangga anaknya dah mau 3 thn dia blm bs bicara…bagaimana menurut tips bayi apa yg harus dilakukan..??

  183. Nunu May 28, 2009 at 7:48 am #

    Anak saya baru berusia 2 bulan, tetapi dari usia 1 bulan dia sudah bisa tengkurap sendiri. Saat ini lebih aktif lagi untuk tengkurap. Apakah dengan usianya yang masih muda itu tergolong normal untuk bisa tengkurap sendiri. Dan yang lebih kaget lagi, waktu usia 2 minggu pada saat saya jemur punggungnya dengan posisi digendong, kepalanya sudah mulai ditegakkan.

  184. santy May 28, 2009 at 7:42 am #

    anak saya umur 5 bln, karena lehernya terlalu pedek ia biang keringatan sampe merah, sudah dikasih bedak salicyl & bedak herosin cair ga ngaruh, kasih saleb dari dokter anak ga ngaruh juga malah tambah menyebar dan merah, mandi pake bk ga sembuh juga, dikasih tepung kanji diaerin juga ga mempan. malah sekarang memerah dan menyebar sampai ke semua daerah lipatan badanya. saya kasihan melihatnya. tolong saran yg harus saya lakukan. terima kasih

  185. annie May 28, 2009 at 6:29 am #

    Anakkyu udah hampir 5 bn sekarang,…
    dan sejak dia umur 1bln lebih, agak khawatir soalnya tidurnya suka kagetan, sedikit mendengkur(pernafasan kurang lancar) dokter menyarankan untuk ditengkurepin setiap kali dia tidur,
    alhasil sampai hari ini, maunya tidurnya tengkurap, berhubung sudah mulai tengurep sendiri jadi aku sama ayahnya cuma tersenyum2 sambil mengawasi dia kl tidur tengkurep

  186. annie May 28, 2009 at 6:22 am #

    Anakkyu udah hampir 5 bn sekarang,…
    dan sejak dia umur 1bln lebih, agka khawatir soalnya tidurnya suka kagetan, sedikit emndengkur(pernafasan kurang lancar) dokter menyarankan untuk ditengkurepin setiap kali dia tidur,
    alhasil sampai hari ini, maunya tidurnya tengkurap, berhubung susah mulai tengurep sendiri jadi aku sama ayahnya cuma tersenyum2 sambil mengawasi dia kl tidur tengkurep

  187. bayi-anak May 28, 2009 at 6:15 am #

    tengkurap emg bagus.
    halo salam kenal

  188. evy May 28, 2009 at 5:34 am #

    Terimakasih infonya…saat ini bayi sy bermur 2,5 bln….sy mmg dianjurkan teman untuk mengajari anak sy tengkurap, tp sy ragu…stlh membaca ini sy jd yakin. Sekali lg terimakasih

  189. imam May 28, 2009 at 5:24 am #

    Alhamdulilah terima kasih atas kiriman informasi dari tipsbayi sangat membantu kami dalam menangani bayi, karena bayi saya masih baru berumur 1,5 bulan dan saya butuh tips-tips yang lain dalam penanganan bayi. sudah banyak tips yang saya praktikkan hasilnya bayi saya bertambah sehat dan perkembangannya semakin baik…trims yaa….wassalam.

  190. Dian May 28, 2009 at 4:31 am #

    alhamdulillah , bayi aku dari umur 1 bln sudah tidur tengkurap ! soalnya kepala sudah mulai peang ,karena dia selalu tidur miring ke kanan dan sekarang dia sudah bisa mengangkat kepalanya .

  191. tipsbayi May 28, 2009 at 4:18 am #

    Azimar Rusydi :

    Insya Allah tidak apa-apa apalagi bayi Anda sudah bisa mengangkat kepalanya sendiri, memang usia segitu bayi punya refleks dan insting sendiri untuk mencari posisi tidur yang paling enak, nyaman, dan tak membahayakan dirinya. Jadi, Anda tidak perlu terlalu khawatir…

    Yang penting perhatikan saja kemanan tempat tidurnya, jangan sampai ia terjatuh, misalnya dan jauhkan pula ia dari benda-benda yang bisa menghalanginya bernafas dengan leluasa. ;-)

  192. Ary Anjar Guntur saputra May 28, 2009 at 4:06 am #

    alhamdulillah bayi saya sejak umur 1,5 bulan dah saya biasakan tengkurep di atas alas yang mayan tebal dengan waktu yang gak telalu lama, terkadang kalau waktu dirumah saya biasakan si kecil berbaring dan tengkurep di atas dada saya sampai dia tertidur, dan berlangsung hingga kini, ketika saya tahu si Kecil dah capek bermain dan kelihatan ngantuk, langsung saya tengkurepin di dada saya, di situ kami merasakan betapa dekatnya sikecil dengan kami, ada semacam kontak bhatin yang kuat antara orang tua dan bayinya, dan saat ini alhamdulillah bayi saya sudah berumur jalan 15 bulan, terimakasih Tips bayi, kami menunggu tips tips yang lain, salam kami sekeluarga.

  193. Azimar Rusydi May 28, 2009 at 3:59 am #

    Anakku yang kedua ini (4,5 bulan) malah ndak kerasan kalau tidur terlentang, mesti dalam posisi kalau tidak miring ya tengkurap. Mohon pencerahan, apakah berdampak negatif ?

  194. Liesti May 28, 2009 at 3:45 am #

    Baby saya sejak 1 bulan saya sudah biasakan tidur dlm posisi miring (berganti kanan & kiri) & sesekali tengkurap jgn terlalu lam.tidur jadi lebih lama (pulas) & tdk rewel

  195. Taufiq May 28, 2009 at 2:31 am #

    Terima kasih sekali ya atas infonya,karena anak saya umurnya juga sudah 3bulan lebih,dengan adanya info ini akan saya praktekkan secara bertahap pada anak saya,karena memang betul kalo bayi tidur tengkurap terus kepala bagian bawah jadi agak rata ( terjadi pada kondisi bayi saya )..moga2 dengan ditidurkan secara tengkurap kepala bayi saya bentuknya akan semakin bagus.

  196. chaidir May 28, 2009 at 2:16 am #

    berita yang sangat baik dan pengetahuan yang jarang ditemukan. dan ini sangat bermanfaat untuk saya dan bayi saya …

    thanks

  197. Ary Anjar Guntur saputra May 28, 2009 at 2:07 am #

    alangkah senang nya bisa memiliki Ebook ini kami gak perlu susah untuk membeli ke gramedia maupun ke tempat lain, sebagia orang tua sangatlah berguna Ebook ini bagaimana tidak, semua mengenai buah hati tercinta ada dalam Ebook ini dan ini akan sangat membantu kita dalam membesarkan buah hati kita, smoga Ini bisa Share dengan para temen temen yang baru menjadi orang Tua, terimakasih salam kami sekeluarga

  198. lis May 28, 2009 at 1:51 am #

    anak saya umurnya hampir 4 bulan. klo tidur maunya tengkurap saja, tp dgn kepala miring

Trackbacks/Pingbacks

  1. Bentuk Kepala Rata Pada Bayi | - September 28, 2009

    [...] artikel yang lalu tentang perlunya bayi tidur tengkurap, salah satu alasan yang kami kemukakan tentang perlunya posisi tidur tengkurap adalah untuk [...]

  2. Perkembangan Bayi 0-4 Bulan | - June 19, 2009

    [...] kecil sudah semakin kuat mengangkat kepalanya jika Anda baringkan ia dalam posisi tengkurap. Bahkan tidak jarang yang sudah bisa mengangkat badannya sedikit pada posisi [...]

Leave a Reply