Vitamin dan Mineral untuk Bayi

vitamin mineral bayiKebutuhan vitamin untuk bayi seringkali menjadi topik yang membingungkan. Kalau Anda bertanya apakah bayi Anda memerlukan vitamin atau tidak, tentu saja jawabannya adalah ya. Bayi Anda memerlukan vitamin untuk dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Dia memerlukannya agar bisa mempunyai tulang yang kuat, gigi yang sehat dan juga untuk “membangun” darahnya sehingga terhindar dari Anemia.

Nah, hampir seluruh bayi memperoleh seluruh vitamin dan mineral yang diperlukan (seperti vitamin A, kalsium, zat besi, dll) melalui asupan makanan yang mereka konsumsi. Jadi, walaupun bayi Anda memang benar memerlukan vitamin dan mineral, namun mereka sebenarnya tidak memerlukan suplemen setiap hari, kecuali jika ia terlahir prematur atau memiliki masalah kesehatan tertentu.

Sekilas tentang Vitamin dan Mineral

Banyak orang tua yang menganggap bahwa vitamin akan terpenuhi secara lengkap hanya dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Pendapat ini tidak tepat. Sebenarnya, sayuran dan buah-buahan hanya mengandung sebagian jenis vitamin, seperti vitamin C, E, K dan sebagian jenis vitamin B.

Untuk vitamin A, B6, B12 dan D, biasanya dapat diperoleh melalui sumber hewani seperti hati, susu, serta berbagai produk olahannya.

Sedangkan mineral yang diperlukan oleh tubuh bisa diperoleh dari bahan makanan seperti garam, ikan, udang, cumi, serta susu dan produk olahannya.

Bayi yang Baru Lahir

Untuk bayi yang baru lahir, seluruh kebutuhan vitamin dan mineralnya akan terpenuhi melalui ASI. jadi, jika Anda ingin bayi Anda memperoleh cukup asupan vitamin dan mineral, Anda cukup meningkatkan kualitas ASI Anda, dengan cara makan dengan cukup dan seimbang komposisinya. Jika diperlukan, dengan arahan dokter Anda bisa saja mengkonsumsi vitamin tambahan.

Bagaimana Menentukan Apakah Bayi Anda Memerlukan Suplemen atau Tidak?

Sebenarnya semuanya tergantung kondisi bayi yang bersangkutan – apakah ia menerima ASI atau susu formula sejak lahir, apakah ia lahir dalam kondisi normal atau prematur, apakah ia memiliki kelainan kesehatan, dan sebagainya.

Jika bayi Anda lahir prematur atau memiliki masalah kesehatan tertentu, silahkan konsultasikan dengan dokter anak Anda apakah ia memerlukan suplemen tertentu atau tidak. Nanti, ketika ia semakin besar dan mulai mengkonsumsi lebih banyak jenis makanan, dokter biasanya akan mengevaluasi lebih lanjut apakah ia masih memerlukan suplemen.

Untuk bayi yang sehat dan dalam masa pemberian ASI Eksklusif, masih banyak perdebatan mengenai perlu atau tidaknya memberikan suplemen. Sebagian besar mengatakan sama sekali tidak perlu. Sebagian ahli kesehatan mengatakan, seandainya pun perlu, paling-paling Anda hanya cukup memberikan suplemen vitamin D – 400 IU setiap harinya, dengan alasan si bayi tidak memperoleh asupan vitamin D yang cukup melalui ASI.

Menurut mereka yang berpendapat perlunya tambahan vitamin D untuk bayi yang sedang dalam program ASI Eksklusif, hal ini berbeda dengan bayi yang sejak awal mengkonsumsi susu formula. Ia tidak lagi memerlukan tambahan vitamin D, karena biasanya unsur ini sudah terkandung dalam susu formula.

Kesimpulan

Pada dasarnya, hingga usia 6 bulan, bayi yang menerima ASI Eksklusif tidak memerlukan suplemen. Yang perlu diperhatikan justru pola makan sang ibu. Pastikan ibu yang menyusui mengkonsumsi makanan yang mengandung cukup vitamin B12 (untuk mencegah Anemia pada anak), zat besi (juga berkaitan dengan Anemia), seng, serta kalsium. Seandainya pun diperlukan, maka sang ibu bisa saja mengkonsumsi suplemen multivitamin-mineral. Tentu saja dengan arahan dokter.

Setelah usia 6 bulan, jika bayi Anda tidak mengalami kesulitan memakan berbagai jenis makanan dengan jumlah yang cukup untuk usianya, maka suplemen vitamin tidak diperlukan. Suplemen baru menjadi alternatif ketika si kecil benar-benar susah makan atau memiliki masalah kesehatan yang kronis. Silahkan konsultasikan dengan dokter anak Anda.

Hati-hati, jangan mengkonsumsi suplemen multivitamin-mineral tanpa arahan dokter, karena bisa jadi bayi Anda menerima kelebihan vitamin A dan seng (zinc)…

Artikel yang berhubungan:

  1. Pemberian Keju untuk Bayi: Boleh Tidak?

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

146 Responses to Vitamin dan Mineral untuk Bayi

  1. mamanya ravel March 21, 2014 at 9:37 am #

    sore dok ,
    Anak saya usia 10bln tp BB hnya 7,5.makanya lahab tp utk minumnya kurang.apa normal BB ank saya ?dan gimana agr ank saya mau minum su2.minumnya cm pd saat dia ngantuk dan tdur.

    • tips-bayi April 1, 2014 at 7:10 am #

      mamanya ravel,

      Sore Bun..

      Memang BB bayi Bunda kurang dari ideal, hanya saja masih termasuk 80% BB rata-rata berat bayi normal indonesia.

      Jika sulit minum, coba Bunda ajak minum bersama-sama.. berikan contoh minum agar anak Bunda semangat untuk mengikutinya.. ;)

  2. fatim January 4, 2014 at 8:15 am #

    Bunda mohon infonya jadi anak saya saat ini berumur 2 lebih setengah tahun,saya baru tw kalau pemberian suplemen makanan pada anak secara terus menerus itu hasilnya tidak baik,kebetulan sejak umur 1 tahun saya selalu memberikan tambahan vitamin setiap hari sampai sekarang dengan harapan anak saya bisa tumbuh sehat dan cerdas,tapi akhir2 ini saya perhatikan anak saya berat badannya semakin menurun,makannya susah sekali,minum susu stengah botol saja tidak habis bahkan tidak pernah tidur siang…jd sebelumnya mmg vitamin yang biasa saya berikan sudah habis dan belum sempat beli namun saya jd takut kok reaksinya spt yang saya ceritakan d atas…pikiran saya jd kmana-mana apa ini gara2 sirup yang selama ini rutin saya berikan,terus terang memang selama ini saya belum pernah konsultasi k dokter masalah vitamin ini,pertanyaan saya apa yang seharusnya saya lakukan sekarang?

    • tips-bayi January 22, 2014 at 5:45 am #

      fatim,

      Bunda jangan khawatir jika dokter menyatakan bayi Bunda sehat. Ingatlah Bun.. pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Bunda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Bunda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat. Besar kecil atau kurus gemuk juga bisa turunan.. :)

      Mulailah membuat pola makan yang teratur dengan gizi yang lengkap dan terjadwal.

      * Pintar-pintarlah Bunda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Bunda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Bunda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      Dan… mulailah membentuk kebiasaan baru, untuk membentuk kebiasaan pola tidur pada bayi Bunda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya ketika sudah mulai ngantuk atau ketika terbangun. Pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Bunda menemukan pola tidur yang pas.. :)

  3. santty November 4, 2013 at 3:43 am #

    anak sya usia 1thun 4 bln tp dy blm bsa jln,.,. apakh ank sya kkrangan klsium,.,.,. >?/.

    • tips-bayi November 6, 2013 at 7:32 am #

      santty,

      Perkembangan motorik khususnya kemampuan berjalan usia normal sebenarnya bervariasi mulai dari usia 9 bulan sampai 18 bulan.
      Memang, bisa berjalan saat usia 15-18 bulan adalah masih dalam batas normal tetapi biasanya anak seperti ini mempunyai gangguan motorik kasar dan gangguan keseimbangan yang ringan yang akan lebih baik diberikan intervensi dan stimulasi sejak dini.

      Belum tentu kurang kalsium Bun.. Untuk mengetahui kekurangan vitamin harus diperiksakan ke dokter.
      Vitamin dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil. Kebutuhan ini biasanya terpenuhi dari makanan, terutama makanan atau susu yang telah diperkaya oleh berbagai macam vitamin dan mineral. Oleh karena itu, perlu hati-hati menentukan apakah seorang anak kekurangan vitamin sehingga membutuhkan multivitamin.

      Berikan makanan gizi seimbang yang terpola dengan baik.. :)

  4. arshya September 27, 2013 at 5:54 am #

    Dear tips bayi.

    Thanks banget untuk sharing info segala hal tentang dunia bayi & ibu. Two thumbs up.
    Semoga tipsbayi semakin sukses & berkembang.

    Mau tanya nih. Anakku laki-laki, usia 8 bulan sekarang. Kemaren pas usia 7,5 bulan ditimbang BB nya 8,3 kg, dan TB nya 69. Dokternya sih selalu bilang BB dan TB ok. Anaknya memang terlihat gak gemuk, tapi memang aktif banget bergerak, gak mau diem.
    Sekarang sudah makan bubur saring 2 kali, buah 1 kali, cemilan biskuit 1 kali.
    Tadinya dia mau makan bubur saring 3 kali, tapi minum ASIP nya jadi males. Jadi, makan bubur saringnya dikurangi jadi 2x. Apa memang dia kekenyangan MPASI nya ya, jadi males minum ASIP. Minta saran dong tips, biar anakku tetap mau minum ASIPnya.
    Thanks ya.

    • tips-bayi October 3, 2013 at 5:42 am #

      arshya,

      Sama-sama-.. Amiinn.. ;)

      Memang terlihat sehat dan BB juga TB cukup bagus.. Nafsu makannya bagus juga, memang sudah menjadi biasa kalau sudah mendapat MPASI maka untuk minum susunya akan sedikit berkurang Bun.. Jika Bunda mau ASIP jatahnya bisa bunda campurkan ke MPASI saat akan disuapi..

      Pertahankan terus jadwal makan yang teraturnya, fariasikan menunya dan bagus sekali untuk memberikan ASI sampai bayi Bunda berusia 2 tahunan.. ;)

    • nur asna October 25, 2013 at 6:35 am #

      anak saya umur 7,5 bln bb ny 6 kg,,
      dia minum susu formula n g mau asi

      kira2 suplemen ap yg bgus untuk menaik kn brt bdn ny y?
      mksh

      • tips-bayi October 31, 2013 at 6:48 am #

        nur asna,

        Bun ingatlah pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Bunda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Bunda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat. Besar kecil atau kurus gemuk juga bisa turunan.. ;-)

        Jika tidak ada keluhan lain, Bunda jangan khawatir.. BB anak Bunda masih termasuk NORMAL.. meskipun terlihat kecil, karena masih termasuk 75% BB normal untuk anak Indonesia..

        Berikan nutrisi dengan gizi seimbang yang terjadwal, Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang cukup.

        Untuk Vitamin.. kami tidak bisa merekomendasikan jenis vitamin tambahan untuk bayi Bunda..
        Vitamin dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil. Kebutuhan ini biasanya terpenuhi dari makanan, terutama makanan atau susu yang telah diperkaya oleh berbagai macam vitamin dan mineral. Oleh karena itu, perlu hati-hati menentukan apakah seorang anak kekurangan vitamin sehingga membutuhkan multivitamin.

        Oleh karena itu, konsultasikan dengan DSA Anda apakah Bayi Anda kekurangan vitamin dan butuh multivitamin tambahan.

  5. elvis August 31, 2013 at 12:42 pm #

    anak saya cgris 8 bln 2 minggu
    bb 8 kg tb 72cm
    skrang dia susah makan
    saya coba kasi bubur tim buatan sendiri,tapi ga dimakan
    saya kasi tim instan juga susah makan…saya harus kasi apa ya???
    dia udah numbuh gigi 5
    dan minum ASI

    • tips-bayi September 7, 2013 at 3:03 am #

      elvis,

      BB bayi Anda bagus dan termasuk tinggi.. Pertahankan ASI nya, tapi susah makan ya.. Bayi Anda sudah bisa memegang sendiri dan mengunyah bisa mulai diperkenalkan ‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil dan sayuran rebus..

      Selain memberikan menu yang variatif .. Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan anak Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Anda, penting bagi orang tua untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Anda

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi anak Anda..

      * Pintar-pintarlah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Anda akan berterima kasih suatu hari nanti !

  6. wan August 14, 2013 at 1:29 am #

    Adakah susu formula penambah nafsu makan buat bayi umur 8 bln.

    • tips-bayi August 20, 2013 at 3:03 am #

      wan,

      Untuk kandungan sufor, sebenarnya hampir sama saja. Tapi untuk di pasaran sufor mempunyai kwalitas yang berbeda-beda, otomatis nilai gizinya lain meskipun tampaknya sama, maka pintar-pintarlah Bunda mencari sufor yang cocok untuk bayi Bunda dan mempunyai nilai gizi yang bagus.., tapi sebagusnya sufor tentu tidak akan bisa melebihi ASI.. ;-)

      Untuk menambah nafsu makan bayi, Anda bisa mencoba memberikan air rebusan kacang hijau..

  7. Ibu Nabiel March 18, 2013 at 7:53 am #

    Dear Tips,

    Saya Ibu Nabiel Anak Saya cm Ninum Asi smpe umur 3 Bulan, Pdhal wktu lahir brat bdanny 3.8 kg. Tp smpe skrang Umur 4 thun Berat Bdanny cm 15 kg. Sy udah sering periksa ke Dokter kt Dokter sih gak apa2 trus biasany sm Dokter aq d ksih Vitamin (Igastrum) tp berat bdannya gaq nambah smpe skrang cm Jarang Sakit aj. Kasih Vitamin ap ya Biar Berat Badannya bs Naik….????
    Mohon bantuannya tips bayi…
    Terimakasih banyak yaaa.

    • tips-bayi March 22, 2013 at 2:52 am #

      Ibu Nabiel,

      Jarang sakit ya..? Bagus tuh Bun.. Perlu Bunda ketahui, pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap tidak sehat atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat.

      Vitamin dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil. Kebutuhan ini biasanya terpenuhi dari makanan, terutama makanan atau susu yang telah diperkaya oleh berbagai macam vitamin dan mineral. Oleh karena itu, perlu hati-hati menentukan apakah seorang anak kekurangan vitamin sehingga membutuhkan multivitamin.

      Oleh karena itu, konsultasikan dengan DSA Anda apakah Bayi Anda kekurangan vitamin dan butuh multivitamin tambahan.

      Oh ya.. kecil juga bisa saja turunan Bun.. ;-)

  8. lala February 9, 2013 at 3:22 pm #

    ass..
    mau tanyaa baby saya umur 8bln saya baca di artikel baby ada suplemen omega n dha yg be4nama baby’s dha dari nordic naturals apakah kalau di beri suplemen2 dha begitu aman dalam usianya?
    Makasih…
    Wass..

    • tips-bayi February 19, 2013 at 7:55 am #

      lala

      Waalaikumsalam..

      Maaf baru di jawab Bun…

      Untuk pemberian suplemen apa saja, sebaiknya Bunda konsultasikan pada DSA. Karena setiap bayi akan berbeda jenis vitamin yang dibutuhkannya..

      Dan saran kami, sebenarnya tidak harus memberikan suplemen yang macam-macam. Dengan ASI dan makanan bergizi sudah modal besar untuk mencetak anak sehat..

  9. eka July 10, 2012 at 5:55 am #

    ass. saya mama ayesha, ank sy umr 8bln. sy mau nanya, ank sy memiliki lubang kecil d ats telinga dn skrg ini mengeluarkan nanah yg berbau dan membengkak.
    sy bingung soalnya lubang kcil trsebut ud ad sjak ayesha lhir.
    bagaimana cara mengobatinya . . . .

    • tips-bayi July 19, 2012 at 12:23 am #

      @ eka,

      Wa’alaikumussalam..

      Hmm.. untuk kondisi seperti itu, sebaiknya Ayesha dibawa ke dokter untuk diperiksa lebih seksama. Bisa saja hanya luka biasa atau biang keringat, kami tidak bisa memberikan diagnosa..
      Semoga Aeysha baik-baik saja.. :-)

  10. yuli April 26, 2012 at 3:34 am #

    Tips Bayi, sungguh saya masih belum bisa sepenuhnya tenang…
    Tgl 22 april kmrn, anak sy genap berusia 8 bulan, iseng2 sy timbang di rumah, BB ny masih sama (5,4kg). Makannya masih bubur susu agak cair, susu formula S-26 Promil klw saya sdng krja, dan ASI sepanjang malam.

    Klw sy buatkan bubur susu agak kental,sering tersedak dan kadang2 keluar lagi.
    Kadang2 dia menutup mulut, dan menangis klw makan, tp klw ASI en air putih tidak pernah menolak.

    Saya benar2 bingung dan tdk bs tenang krna BB ny yang tidak naik2.
    Apa yg harus sy lakukan?
    Apakah ada vitamin utk sy, agar BB ny bisa naik?? Atw utk anak saya??

    tdk ada yg mengerti kebimbangan sy ini ……
    Di benak sy skrg, apa yg harus saya lakukan agar BB ny bisa naik, walau hanya sedikit,tidak apa2…
    Apakah mungkin anak sy bermasalah di pencernaannya??
    Pemberian bubur susu kadang2 3x sehari,kadang 2x sehari (trgantung seberapa banyak susu ny)..

    Mohon bantuannya tips bayi…
    Terimakasih banyak…….

    • tips-bayi May 7, 2012 at 4:34 am #

      @ yuli,

      Kami mengerti apa yang ibu rasakan.. Teruslah memberikan MPASI dengan menu variatif dengan sabar dan telaten. Tingkatkan porsi dan teksturnya secara bertahap. Buatlah pola makan yang baik dengan gizi seimbang dan istirahat yang cukup. Hindari makanan-makanan instan dan jajanan yang menggunakan pemanis buatan dan perisa kimia..

      Jika bayi Anda sudah bisa memegang sendiri dan mengunyah bisa mulai diperkenalkan ‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil dan sayuran rebus.. Dengan begini bayi Anda akan terbiasa makan diluar jam makan, biasa dengan menu variatif dan terbiasa dengan berbagai rasa makanan.. ;-)

      Untuk memberikan vitamin dan untuk mengetahui kondisi tubuh bayi Anda, bisa Anda konsultasikan dengan DSA..

      • dika December 8, 2012 at 1:56 am #

        dear bunda Alhamduliah anak saya sekarang juga sudah usia 8 bulan,dan kondisi badanya juga Alhamdulilah sehat,bb nya sekarang sudah 10kg dan panjangnya 70,seneng rasanya melihat anak ku sehat dan jarang sekali sakit,perkembanganya pun cepat,cuma sekedar ingin berbagi bunda saya memberikan asi cuma selama 6 bulan saja dikarenakan kesibukan bekerja,exklisif full asi cuma selama 1bulan saja selama masa cuti kerja,selanjutnya kombinasi dengan formula(nutrilon).awalnya bayi saya merasa kurang puas apabila hanya diberi susu saja,kemudian saya memutuskan untuk memberi MAPASI,setelah umur 1bulan,tapi masi berupa pisang saja,ternyata anak saya tidak menoak malahan lahap sekali,.tapi saya tidak lupa melihat BAB nya apakah bagus atau tidak,ternyata bagus dan lancar,kadang perna sih sesekali ngeden,takut juga,tapi tetep saya lanjutkan,pemberian pisang nya cuma 1hari sekali bunda,terus susu formulanya agak saya enceri 10 mili,itu berlangsung sampai umur 5 bulan,pada umur 5bln jalan ke 6,saya sudah mulai memberi nasi dan berbagai macam lauk dan sayur-mayur,Alhamdulilah tidak ada penolakan dari anak saya malahan tambah lahap karena dia semakin banyak mengenal banyak rasa.jus pun juga saya kenalkan sejak umur 5 bulan,Dan Alhamdulilah bunda sampai sekarang di umur 8 bulan sama sekali tidak ada keluhan pada saluran cerna,BAB juga tetap saya pantau,tapi semakin umur bertambah BAB juga bagus,pemberian MAPASI berlangsung sampai sekarang,saya imbangi juga dengan pemberian air putih yang cukup.mungkin bunda banyak yang takut karena saya terlalu dini memberikan makanan,tapi bunda kalo menurut saya kalau tidak dicoba kita mana tau,karena saya sendiri berani mencoba itu atas dasar dorongan dari orang tua saya,ini sedikit tips buat para bunda sekalian memang kebanyakan kalau asi exklusif memng sangat bagus,tapi menurut saya cukup diberikan sampai umur 6bulan saja,apabila lebih selalu banyak kejadian anak malah malas makan dan tidak malah tidal bisa minum susu dot(formula)maka akan berimbas pada BB,ini sekedar cerita dari saya bunda…..KEEP SMILE ; )

        • tips-bayi December 10, 2012 at 1:06 am #

          dika,

          Terima kasih atas sharingnya Bun..

  11. yuli April 19, 2012 at 1:01 am #

    Tips Bayi……
    Terimakasih ya…. Ckp jls…
    Anak sy sdh tdk pernah pki gurita lagi. hanya saja, kadang2 napasnya berbunyi.
    Pernah juga sesaat setelah menyusui langsung keluar lg susuny.
    dan klw sedang tiarap dan merangkak,seperti tersedak, pernah juga sampai matanya berair…

    Itu bukan lendir yang katanya kurang bersih oleh perawat sewaktu lahir ya???
    Dan syukurnya anak saya sehat2 saja….
    Sudah lancar merangkak, dan tidak bisa diam,padahal usianya baru 7 bulan.

    Mohon perncerahannya ya….

    • tips-bayi April 25, 2012 at 3:08 am #

      @ yuli,

      Volume lambung bayi sangat sempit sekali.., jadi gampang penuh dan cepat lapar lagi maka bila minum susunya kebanyakan akan keluar lagi (gumoh). Maka penting setiap setelah minum buat posisi disendawakan, agar air susu cepat turun.. ;-)

      Bunyi grok-grok tersebut bisa dahak atau reak. Kalau sisa persalinan.. wah sudah lama juga sih.. hampir tidak mungkin.. Dengan cara dijemur pagi dengan ditidurkan miring cairan biasanya akan keluar… Bisa dengan memberikan kehangatan pada dada dan punggung bayi Anda, ini salah satu cara alternatif yang bisa Anda lakukan .. ;-)

      Alhamdulillah.. bayi Anda terlihat sehat.. :-)

  12. yuli April 10, 2012 at 12:49 am #

    Terimakasih Tips Bayi, agak tenang nh…..
    Sblm menikah BB sy berkisar 48kg dgn TB 160cm,skrg 50kg.
    Klw suami sy masa remajany kurus, baru bbrp thn ini gemuk…..
    Bila istirahat sy selalu pulang utk ASI, dan klw pulang kerja sy berikan ASI sampai pergi.
    Anak sy tdk pernah menolak klw diberi kuning telur rebus, apakah itu baik bagi anak sy??
    Oh iya, anak sy sering sekali terlihat seperti tersedak ketika dia sedang bermain,bahkan kadang2 mengeluarkan lendir putih….. Apalagi klw terlalu lama menyusu.
    apakah itu tidak apa2???
    bagaimana cara mengurangi lendir pada bayi????

    • tips-bayi April 16, 2012 at 5:08 am #

      @ yuli,

      Bagus sekali Anda berusaha keras untuk tetap memberikan ASI pada bayi Anda..
      Untuk telur, telur merupakan makanan kaya protein. Namun, pemberian telur kepada bayi terutama bagian putihnya, sering memicu alergi. Jadi Anda tepat.. kalaupun Anda ingin menyajikan menu telur berikan kuning telurnya saja, sementara putih telur umumnya direkomendasi baru setelah usia bayi di atas 9 bulan. Dan jika bayi Anda sudah lebih dari 9 bulan jika terlihat tidak alergi maka boleh Anda berikan maksimal 2 butir dalam sehari.. ;-)

      Lendir putih sepertinya dahak bercampur ASI.. Tidak apa-apa jika tidak menunjukan tanda-tanda sakit lainnya.

      Muntah.. Berikut penyebab bayi muntah selain karena batuk berdahak:

      - Tanda Alergi
      Pada umumnya gejala dan tanda yang ditimbulkan akibat alergi susu sapi dibagi atas Reaksi cepat yaitu dalam 45 menit setelah paparan, berupa: erupsi pada kulit, bersin-bersin, batuk, hidung berair, ngorok. Reaksi lambat (terjadi dalam 20 jam) setelah paparan berupa diare, pucat, muntah. Reaksi sangat lambat (setelah 20 jam) berupa diare, gejala gangguan pernafasan..

      - Pemakainan gurita.
      Kalau bayi Anda masi memakainya, coba lepas saja.

      - Posisi menyusui atau makan
      Sering ibu menyusui sambil tiduran dengan posisi miring sementara si bayi tidur telentang. Akibatnya, cairan tersebut tidak masuk ke saluran pencernaan, tapi ke saluran nafas. Bayi pun muntah. Karena itu, kalau menyusui, posisi bayi dimiringkan. Begitu juga ketika memberi makan kepalanya harus lebih tinggi dari kaki sehingga membentuk sudut 45 derajat. Jadi cairan atau makanan yang masuk bisa turun langsung ke bawah..

      - Tersedak

      - Lambung yang penuh juga bisa bikin bayi gumoh. Ini terjadi karena makanan yang terdahulu belum sampai ke usus, sudah diisi makanan lagi. Akibatnya si bayi muntah. Lambung bayi punya kapasitasnya sendiri. Misalnya bayi umur sebulan, ada yang sehari bisa minum 100 cc, tapi ada juga yang 120 cc. Nah, si ibu harus tahu kapasitas bayinya. Jangan karena bayi tetangganya minum 150 cc lantas si ibu memaksakan bayinya juga harus minum 150 cc, padahal kapasitasnya cuma 120. Jelas si bayi muntah…

      - Dan bila bayi Anda sedang pilek.. Maka akan terpicu untuk muntah karena dahaknya.. ;-)

      Ada baiknya juga Anda kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/kolik_bayi.html

  13. selhia April 5, 2012 at 3:51 am #

    mohon ifonya vit or suplement untuk bayi usia 7bulan..karna anak saya ASI cuma 1 bulan..terimakasih.

    • tips-bayi April 8, 2012 at 4:51 am #

      @ selhia,

      Untuk pemberian vitamin apa saja, sebaiknya Anda konsultasikan pada DSA. Saran kami, tidak harus memberikan suplemen yang macam-macam. Dengan ASI dan makanan bergizi sudah modal besar untuk mencetak anak sehat..
      Oh ya.. bayi Anda sudah tidak ASI.. berarti sufor + makanan bergizi.. ;-)

      Kalaupun Anda ingin memberikan vitamin selalulah konsultasikan dengan DSA Anda, karena setiap bayi akan berbeda jenis vitamin yang dibutuhkannya..

  14. yuli April 5, 2012 at 2:01 am #

    Pagi Tips Bayi……
    Saya ibu yang melahirkan anak kembar perempuan scr normal di usia kehamilan 33 minggu dgn BB masing2 1,6kg en 1,8kg. Anak sy yg 1,8kg meninggal diusianya 11 hari krn penyakit sepsis. Anak sy yg 1 lg skrg sdh berusia 7 bln lebih dgn BB 5,4kg,apakah itu norma. Dlm tahap pengenalan makanan,dia susah bgt di beri makan,kadang sampai menangis. Kata perawat di puskersmas anak saya sdh masuk wilayah kurva BGT,krn BB ny yg rendah. Anak sy juga susah minum susu/ASI dari botol or media lainnya, sementara saya ibu bekerja. Saya kemarin disarankan pihak puskesmas utk memberikan vitamin “Apialyst”. Sdh sebulan saya berikan, dan belum menunjukkan penambahan BB. Tp anak saya cukup lincah,sdh bisa tengkurap sendiri, dan sdh mulai akan merangkak (berdiri dlm posisi merangkak), bahkan sudah lancar di baby walker. dan spt ny gusinya agak mengembang (Akan tumbuh gigi).

    Sy bingung apa yg hrs sy lakukan agar BB ny bisa naik spt anak normal yg seusianya.

    Mohon bantuannya tips bayi……, makasih….

    • tips-bayi April 8, 2012 at 4:42 am #

      @ yuli,

      BB bayi Anda masih tergolong NORMAL, karena masih 70% BB normal untuk bayi Indonesia. Meskipun terlihat kecil.. ;-)
      Maaf.. apakah ayah ibunya kecil..? Karena kecil bisa saja turunan lho..

      Mungkin Anda tau makanan favorit bayi Anda apa.. maka Anda bisa campurkan jatah susunya pada makanan tersebut.. ASI masih Anda berikan ketika Anda di rumah..? Jika masih, manfaatkanlah waktu Anda di rumah semaksimal mungkin untuk memberikan ASI secara langsung pada bayi Anda. Sabarlah mencari botol yang cocok dengan bayi Anda agar ketika Anda tidak dirumah bayi Anda masih tetap bisa menyusu..

      Lincah tanda sehat.. apalagi perkembangan bayi Anda cukup bagus. Jika bayi Anda sudah berlatih berdiri, Anda bisa mencoba tips sederhana untuk mengajari bayi Anda jalan dengan cepat.. Ajarkan bayi Anda berjalan dengan mendorong kursi plastik kecil atau galon air mineral besar.. Dengan begini maka bayi Anda akan lebih termotifasi untuk cepat belajar jalan.. Akan tetapi HARUS selalu Anda dampingi.. ;-)

      Dengan membaca artikel berikut mudah-mudahan bisa memberikan sedikit pencerahan pada Anda..

      http://www.tipsbayi.com/baby-walker-perlu-nggak-sih.html

  15. ibu roihan March 24, 2012 at 3:20 am #

    @ Ibu Roihan..
    Assalaamu’alaikum.. saya mami ihan, anak sy umur 10 bulan tapi belum bisa merangkak,hanya tengkurap & belum tumbuh gigi. tp dia aktif sekali suka brjalan di babywalker, pemahamanx jg alhamdulillaah cepat. makannya banyak+minum susu jg banyak. hanya klu maem buah dia tidak suka..apapun buah itu dia klu memakannya selalu muntah. sy harus bagaimana agar dia bisa menyukai makan buah. sy takut dia jd kekurangan vitamin+mineral dlm tubuhnya..
    klu untuk makan, sdh sy buatkan sendiri..dr bubur tim ikan salmon, kakap,jg menu2 yang lain..untuk sayuran pakai wartel+tomat+brokoli.
    tiap hari sy beri telur puyuh 5 biji..
    BB anak sy agak melambat krn sering sakit..skr BB 8 kg.
    apakah dari semua keterangan sy diatas..anak sy masih normalkah? sy takut perkembangan anak sy melambat & gizinya kurang.
    sy harus bagaimana agar anak sy tumbuh sehat secara optimal?

    • tips-bayi March 29, 2012 at 1:28 am #

      @ ibu roihan,

      Wa’alaikumussalam,

      Perkembangan Ihan termasuk NORMAL.. BB bayi Anda juga NORMAL.. karena termasuk 85% BB normal untuk bayi Indonesia..

      Perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual termasuk pertumbuhan gigi, kakak beradik sekalipun. Terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.

      Merangkak merupakan transisi antara duduk dan berdiri ini, tidak harus ada pada setiap bayi. Ia bukan milestone atau tonggak penting perkembangan, seperti halnya duduk ataupun berdiri yang memang harus ada.

      Pendek kata, merangkak tak dipakai sebagai suatu patokan penting untuk pertumbuhan. “Bukan sebagai kunci penting. Ada anak yang tanpa merangkak dan langsung berdiri juga boleh-boleh saja.”

      Agar Ihan terbiasa dengan buah, maka harus dibiasakan.. Sebenarnya Ihan sudah bisa memegang sendiri dan mengunyah bisa mulai diperkenalkan ‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil, sayuran rebus, sehingga Ihan dapat latihan makan sendiri dan bisa terlatih dengan rasa buah.. ;-)

      Ihan suka baby walker ya..? Dengan membaca artikel berikut mudah-mudahan bisa memberikan sedikit pencerahan pada Anda.. ;-)

      http://www.tipsbayi.com/baby-walker-perlu-nggak-sih.html

      Jika bayi Anda sudah berlatih berdiri, Anda bisa mencoba tips sederhana untuk mengajari bayi Anda jalan dengan cepat.. Ajarkan bayi Anda berjalan dengan mendorong kursi plastik kecil atau galon air mineral besar.. Dengan begini maka bayi Anda akan lebih termotifasi untuk cepat belajar jalan.. Akan tetapi HARUS selalu Anda dampingi.. ;-)

  16. rika February 24, 2012 at 8:34 am #

    dear tips

    mau tny, untuk anak usia 2 tahun vitamin apa yang bagus? untuk anak saya sebenarnya sangat doyan makan dan minum…tapi kalo ada org yang flu batuk kadang cepat tertular. adakah vitamin yang tetap bagus untuk dikonsumsi setiap hari dalam jangka panjang?
    makasih sebelumnya

    • tips-bayi February 29, 2012 at 3:41 am #

      @ rika,

      Untuk pemberian vitamin apa saja, sebaiknya Anda konsultasikan pada DSA. Saran kami, tidak harus memberikan suplemen yang macam-macam. Dengan ASI dan makanan bergizi sudah modal besar untuk mencetak anak sehat. Kalaupun Anda ingin memberikan vitamin selalulah konsultasikan dengan DSA Anda.. ;-)

      Buatlah pola makan yang baik dengan menu yang seimbang, jangan lupa buah..

      Ingat.. Untuk setiap pemberian vitamin pada bayi, hendaknya Anda konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli gizi, karena setiap bayi akan berbeda jenis vitamin yang dibutuhkannya..

  17. Obat tradisoionil kanker hati February 19, 2012 at 10:30 am #

    Tetep ASI yang paling utama gan..ya? ya udah mkasih gan…

    • tips-bayi February 25, 2012 at 2:59 am #

      @ Obat tradisoionil kanker hati,

      Sama-sama.. ;-)

  18. sarie February 16, 2012 at 8:27 am #

    tipsss… vidya anaku susah banget makannya…. skrg 10 bulan 1minggu tapi beratnya cm 6.3kg… aduh kurus banget….. ngeliatna g tega… sekarang aku kasih curcuma plus biar nafsu maknnya bertambah. boleh g si…abis keliatanya kurus banget…

    • tips-bayi February 23, 2012 at 4:19 am #

      @ sarie,

      Selain memberikan menu yang variatif, untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan anak Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi anak Anda..

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Anda akan berterima kasih suatu hari nanti ! ;-)

      Agar pertumbuhan tulang atau tinggi maupun beratnya tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.. Perencanaan pola makan dengan gizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh..

      BB segitu tidak apa-apa.. karena pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat… Kurus atau gemuk bisa saja turunan lho.. ;-)

  19. elis February 9, 2012 at 5:41 am #

    @ elis widayati

    bunda, saya mau tanya , saya seorang ibu punya anak usia 1 tahun saya bermaksud untuk memberikan vitamin kepada anak saya tapi saya binggung vitamin apa yang cocok untuk anak saya tsb.
    mohon saran nya ya bunda..
    terima kasih.

    • tips-bayi February 15, 2012 at 3:19 am #

      @ elis,

      Untuk pemberian vitamin apa saja, sebaiknya Anda konsultasikan pada DSA. Saran kami, tidak harus memberikan suplemen yang macam-macam. Dengan ASI dan makanan bergizi sudah modal besar untuk mencetak anak sehat. Kalaupun Anda ingin memberikan vitamin selalulah konsultasikan dengan DSA Anda.. ;-)

  20. flori February 7, 2012 at 9:21 am #

    salam kenal.
    seminggu lg anakku,Sanson, 2 thn, tp ngomongnya belum lancar seperti anak 2thn lainnya 9emang sih, mulai bisa ngikutin kata-kata yg kita ucapkan krn aku n husband rajin ngobrol). dia alergi susu sapi n banyak makanan lainnya . baru seminggu ini dia minum formula nutrilon soya trus coba isomil. aku tetap makan pantangannya waktu menyusui bahkan dia juga makan atau minum pantangan sendiri. apakah itu semua berpengaruh terhadap bicaranya? oh ya,aku juga kasih sanson vitamin seven seas tiap hari krn dia agak susah makan n pilih2 (mungkin krn sejak usia 6-9bulan makan yg instan). apakah suplement vitamin perlu tiap hari? suplement apa yg terbaik untuk anak seumur sanson.
    tks ya tips bayi….

    • tips-bayi February 11, 2012 at 3:23 am #

      @ flori,

      Ngomong belum lancar..? Perkembangan fisik dan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. termasuk kemampuan berbicara pada setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan yang sama, meskipun kakak beradik sekalipun. Faktor keturunan sangat berpengaruh.. ;-)

      Jika alergi susu sapi maka dapat dipastikan akan alergi produk turunannya..

      Anda jangan khawatir, kasus alergi susu umumnya akan hilang saat anak berusia satu tahun ke atas atau sudah berusia 15 tahun. Menurut data, sebanyak 56 persen bayi yang se belumnya menderita alergi susu, sudah menjadi toleran ketika berumur satu tahun. Sedangkan pada umur 15 tahun, 95 persen anak sudah tidak menderita alergi susu lagi..

      Untuk pemberian vitamin apa saja, sebaiknya Anda konsultasikan pada DSA. Saran kami, tidak harus memberikan suplemen yang macam-macam. Dengan ASI dan makanan bergizi sudah modal besar untuk mencetak anak sehat. Kalaupun Anda ingin memberikan vitamin selalulah konsultasikan dengan DSA Anda.. ;-)

  21. bunda akbar February 3, 2012 at 11:00 pm #

    Tks bgt infonya,bermanfaat sekali buat saya.

  22. natalia kd January 24, 2012 at 7:17 am #

    anak usia 0-1th untuk perkembangan otak n kekebalan tubuhnya bagusnya sebagai tambahannya di beri vitamin apa ya selain asi?

    • tips-bayi January 31, 2012 at 3:57 am #

      @ natalia kd,

      Untuk pemberian vitamin apa saja, sebaiknya Anda konsultasikan pada DSA. Saran kami, tidak harus memberikan suplemen yang macam-macam. Dengan ASI dan makanan bergizi sudah modal besar untuk mencetak anak sehat. Kalaupun Anda ingin memberikan vitamin selalulah konsultasikan dengan DSA Anda.. ;-)

      Agar pertumbuhan tulang atau tinggi maupun beratnya tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.. Perencanaan pola makan dengan gizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh..

  23. Nana January 17, 2012 at 7:21 pm #

    Salam…
    Sy mw tanya nih…
    Kalo vitamin bwt bayi yg serbuk,pengganti air putih,diminum’y di campur air putih jg.
    Vit itu apa ya nm’y,n dimna bs mndptkn’y….

    • tips-bayi January 20, 2012 at 3:37 am #

      @ Nana,

      Wa’alaikumussalam..

      Vitamin untuk apa ya..? Penambah nafsu makan..?
      Untuk pemberian vitamin penambah nafsu makan atau vitamin apa saja, sebaiknya Anda konsultasikan pada DSA. Saran kami, tidak harus memberikan suplemen yang macam-macam. Dengan ASI dan makanan bergizi sudah modal besar untuk mencetak anak sehat. Kalaupun Anda ingin memberikan vitamin selalulah konsultasikan dengan DSA Anda.. ;-)

  24. ibuk AKA January 12, 2012 at 6:25 am #

    gimana ya, kalau saya memberi anak saya cerebrofot sejak anak sya berusia 2 tahun??apakah beradampak buruk atau sebaliknya??????terimakasih

    • tips-bayi January 14, 2012 at 3:04 am #

      @ ibuk AKA,

      Belum tentu berdampak buruk bisa jadi dampaknya baik.. :-)

      Untuk pemberian vitamin penambah nafsu makan atau vitamin apa saja, sebaiknya Anda konsultasikan pada DSA. Saran kami, tidak harus memberikan suplemen yang macam-macam. Dengan ASI dan makanan bergizi sudah modal besar untuk mencetak anak sehat. Kalaupun Anda ingin memberikan vitamin selalulah konsultasikan dengan DSA Anda.. ;-)

  25. jamal susanto January 11, 2012 at 4:22 am #

    anak saya sekarang berumur 10 bulan,selama 2 minggu ini terjadi penurunan BB dan terlihat kurus, ditambah lagi nafsu makan nya sama sekali tidak ada, dan juga semangat bermainnya juga menurun,apakah ini disebabkan kerena flu dan filex yang disertai batuk baru saja di idapnya!mohon bantuannya

    • tips-bayi January 12, 2012 at 3:08 am #

      @ jamal susanto,

      Ya.. kemungkinan besar karena sakit. Nafsu makan menurun berpengaruh pada BB dan kurang aktif.. WAJAR.. Nanti kalau sudah sehat, bayi Anda akan lahap dan aktif kembali.. ;-)

      Jika hanya batuk flu biasa.. Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, dengan memberikan banyak ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.. Memang batuk berdahak bisa agak lama bertahan karena anak-anak biasanya susah atau tidak bisa membuang dahaknya sendiri..

      Hingga saat ini pun sebenarnya belum ada obat mujarab untuk membunuh virus. Obat flu yang ada hanya sekadar untuk meringankan gejala-gejalanya saja, seperti obat penurun demam, pelega hidung tersumbat, dan pengencer lendir..

      Bayi Anda sudah tidak demam kan..?

      Badan anget atau bayi Anda demam bisa beberapa kemungkinan, karena panas sendiri tidak selalu buruk. Panas memegang peranan dalam menolong tubuh untuk melawan serangan infeksi virus atau bakteri. Jadi panas adalah suatu respon tubuh untuk melawan infeksi yang masuk ke dalam tubuh.

      Tetapi ada beberapa keadaan dimana anda sebaiknya mencari pertolongan medis atau konsultasi ke dokter anda, yaitu:

      *Untuk bayi dibawah 3 bulan dengan suhu tubuh diatas 38 derajat C.

      *Untuk anak yang lebih tua dan orang dewasa , sebaiknya konsultasikan ke dokter anda bila :

      - Terdapat panas yang naik turun dalam 3 hari ;
      - Suhu meningkat diatas 39 derajat C ;
      - Adanya panas yang disertai menjadi tidak mau makan dan minum sertai gelisah, mual muntah, sakit kepala hebat, sakit perut, timbul rash pada kulit, kesulitan pernafasan, atau gejala lainnya yang tidak dapat dijelaskan.

      Sebaiknya Anda tunda pemberian obat apapun sebelum Anda konsultasi dengan dokter. Jika memang suhunya tinggi tidak turun (> 38,5 derajat Celcius), barulah berikan obat penurun panas atau bawa ke dokter. Jadi, sebenarnya Anda bukan sama sekali tidak boleh memberikan obat kepada anak Anda, hanya saja jangan terlalu mudah memberikannya… baru panas sedikit sudah dicekokin obat.. ;-)

      Perlu diketahui, demam karena penyakit apa pun, dari yang ringan seperti flu atau infeksi ringan, hingga infeksi berat di susunan saraf pusat atau di otak, dapat menggunakan kompres. Seiring dengan kemajuan ilmu kedokteran, telah ditemukan ternyata cara yang paling pas mengompres yaitu menggunakan air hangat bahkan memandikan anak dengan air hangat.

      ASI dan pemberian sayur dan buah akan memberikan imunitas yang baik untuk bayi Anda.. ;-)

      Semoga lekas sembuh..

  26. risda December 31, 2011 at 12:34 pm #

    tips-bayi : kenapa ya anak saya diusia 1,10 bulan sampai sekarang masih makan bubur yang diblender halus, ga mau makan seperti seusiannya. kalau makan yang agak kasar pasti muntah. makasih

    • tips-bayi January 6, 2012 at 1:31 am #

      @ risda,

      Bayi Anda sehat..? sebaiknya Anda rubah makanannya dengan bertahap dan perlahan.. Baik tekstur maupun porsinya. Dari mulai encer, kental, sampai ke padat..

      Dan.. sebenarnya jika anak Anda sudah bisa memegang sendiri dan mengunyah bisa mulai diperkenalkan ‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil, sayuran rebus, biscuit yang gampang lumat, sehingga bayi dapat latihan makan sendiri dan bisa terlatih dengan menu yang berfariasi.

      Berikan contoh makan yang benar oleh Anda, dengan cara ajaklah makan bersama-sama dengan keluarga. Biarkan anak Anda belajar makan sendiri sambil sesekali disuapin.. ;-)

  27. yeni October 26, 2011 at 2:54 pm #

    Dear tips bayi….
    mau tanya anak saya skrg usia 5 bln, sdh mulai saya ajari dengan makan bubur instan dan bubur nasi. masih tahap belajar sya hanya memberi 1 sendok makan sehari. yang mau saya tanyakan porsi makan bayi 6 bln brp dan berapa kali sehari?
    trs anak saya jg saya beri vitamin, boleh tidak pemberian vitamin dalam sehari diberi 2 kali tpi dengan vitamin yg berbeda. selama ini saya msih memberi 1 kali vitamin. satu lagi anak saya sering sekali kaki dan tangannya klo diangkat itu berbunyi. dan untuk kaki sendiri sll berbunyi, tpi anaknya sndiri tidak rewel. itu knp ya?
    mohon maaf pertanyaannya terlalu banyak, mohon dijawab ya tips bayi…
    terima kasih…

  28. yeni October 26, 2011 at 10:50 am #

    Dear tips bayi….

    mau tanya anak saya skrg usia 5 bln, sdh mulai saya ajari dengan makan bubur instan dan bubur nasi. masih tahap belajar sya hanya memberi 1 sendok makan sehari. yang mau saya tanyakan porsi makan bayi 6 bln brp dan berapa kali sehari?
    trs anak saya jg saya beri vitamin, boleh tidak pemberian vitamin dalam sehari diberi 2 kali tpi dengan vitamin yg berbeda. selama ini saya msih memberi 1 kali vitamin. satu lagi anak saya sering sekali kaki dan tangannya klo diangkat itu berbunyi. dan untuk kaki sendiri sll berbunyi, tpi anaknya sndiri tidak rewel. itu knp ya?

    mohon maaf pertanyaannya terlalu ban

    • tips-bayi December 1, 2011 at 4:00 am #

      @ yeni,

      Untuk jadwal makannya Anda berikan dengan bertahap

      Contoh Jadwal Makan Bayi USIA 6- 8 BULAN :

      05.00 – 06.00 ASI – SUSU FORMULA 150-180 CC (lebih baik ASI)
      08.00 BUBUR SUSU 6-9 SENDOK MAKAN (SDM)
      11.00 JUICE ATAU BUAH 75-125 CC, 6-8 SDM
      13.00 NASI TIM SARING 6-8 SDM
      15.00 ASI-SUSU FORMULA 150-180 CC
      16.00 BISKUIT 1-3 KEPING
      18.00 BUBUR SUSU, USIA 7 BULAN DIGANTI NASI TIM SARING 6-8 SDM
      21.00 – 22.00 ASI – SUSU FORMULA 150-180 CC
      22.00 – 06.00 BILA BERAT BADAN NORMAL DAN JUMLAH MINUM SUSU SIANG HARI BANYAK (120-180) CC TIAP MNUM) SEBAIKNYA MALAM HARI TIDAK MINUM SUSUBILA BERAT BADAN KURANG, MINUM SUSU SIANG SEDIKIT (120 CC TIAP MINUM SUSU), DIANJURKAN MINUM SUSU MALAM HARI 2-3 KALI.. ;-)

      Sebaiknya Anda membuat bubur susu sendiri. Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Jangan Anda biasakan memberikan makanan instan. Apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet..

      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

      Untuk Pemberian vitamin termasuk minyak ikan, sebaiknya Anda konsultasikan pada DSA Anda. Karena setiap bayi akan berbeda kondisinya, maka vitamin apa yang kurang dan dibutuhkan akan berbeda..

      Tangan dan kaki bunyi seperti apa ya..? Derik..? Jika bayi Anda tidak memperlihatkan keluhan Anda tidak harus khawatir. Kalau memang Anda ingin memastikan, tidak ada salahnya jikA Anda periksakan pada DSA Anda.. ;-)
      Semoga bayi Anda baik-baik saja..

  29. tria mamanya rahel October 25, 2011 at 11:04 am #

    tanks,,,,, tas informasi,,,, nya,,,, ???????????

    • tips-bayi December 1, 2011 at 3:38 am #

      @ tria mamanya rahel,

      Sama-sama.. ;-)

  30. mama kennice September 3, 2011 at 4:14 am #

    infonya thankyou

    • tipsbayi September 12, 2011 at 12:54 am #

      @ mama kennice,

      Sama-sama.. ;-)

  31. nurul July 15, 2011 at 1:54 am #

    siang,ko pertanyaan sy dr 30 mei blm dijwb ya? skrg anak sy tambah aktif mo berdiri2 trs..bb 6kg tb 65cm,gmn yah dgn perkembangannya skrg gigi hmpr 4 n susah makannya skrg.

  32. sundari July 11, 2011 at 8:50 am #

    tips
    kok blm dijawb2 ya…. (june 15 )
    Untuk vitamin A, B6, B12 dan D, biasanya dapat diperoleh melalui sumber hewani seperti hati, susu, serta berbagai produk olahannya.
    kemarin saya kasih fathan bubur saring + daging sapi diblender , selang brp hari timbul bintik2 dimuka & tangan, alerginya timbul
    tips makanan apa ya pengganti hati & daging sapi agar asupan vitamin A, B6, B12 dan D nya terpenuhi, tks (jangan lama2 dong jwbnya…)

  33. sundari July 5, 2011 at 7:45 am #

    tips..
    kok blm jawab ya pertanyaan sy tgl 15 june,
    uda lama loh saya tunggu ..

  34. yeni July 1, 2011 at 12:33 pm #

    dear tips bayi,
    anak saya sekarang umur 4 bulan, waktu lahir beratnya 3.8 kg. sekarang beratnya 6.9 kg. saya bekerja, jadi kalau saya kerja saya beri ASIP. tiap botol berisi 80ml, dan di berikan tiap jangka 2 jam. pertanyaan saya apakah berat anak saya ideal untuk usianya mengingat dia lahir dengan berat yang lumayan tapi percepatan beratnya jadi lambat setelah saya bekerja ( saya cuti 3 bulan anak saya lahir pada hari ke 4 saya mulai cuti). anak saya juga sepertinya malas untuk tengkurap, walaupun sebenarnya sudah bisa tapi dia jarang sekali melakukannya. apakah ASIP saya cukup? atau dia seperti itu karena ASIP saya kurang? kata ibu saya anak saya kurang aktif karena umur 4 bulan seharusnya sudah bisa berguling-guling. dia juga kadang malas menyusu dengan botol dan lebih senang bermain sehingga kadang pengasuhnya suka telat kasih ASIP ( sampai 3 jam), saya sudah menyarankan untuk untuk memberikan ASIP dengan sendok. perlakuan apa yang harus saya terapkan untuk menstimulus tumbuh kembang anak saya yang sesuai dengan usianya sekarang? terimakasih.

    • tipsbayi July 12, 2011 at 3:59 am #

      @ yeni,

      BB bayi Anda adalah BB ideal untuk bayi berusia 5 bulan. jadi Anda jangan khawatir dengan BB-nya.. perkembangan berat bayi Anda cukup bagus.. ;-)

      Secara umum pertambahan BB dapat dikategorikan dalam hitungan sebagai berikut:

      * Triwulan pertama : 600- 1200 gram per bulan

      * Triwulan kedua : 500-600 gram per bulan

      * Triwulan ketiga : 350-450 gram per bulan

      * Triwulan keempat : 150-250 gram per bulan

      Untuk memastikan apakah bayi Anda masih dalam kategori normal, kurang atau berlebih, Anda dapat mengecek atau membandingkannya melalui kurva Lubchenko yang terdapat pada buku pantau tumbuh-kembang bayi atau KMS (Kartu Menuju Sehat) dari Puskesmas atau Rumah Sakit. Nah, berdasarkan kurva tersebut, parameter untuk mengetahui pertumbuhan bayi tidak hanya dilihat dari pertambahan BB, tapi juga tinggi badan dan ukuran lingkar kepala..

      Perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. BB salah satu yang mempengaruhinya disamping keturunan juga..

      Untuk melatih tengkurap, Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu ..

      ASI perasan Anda total berapa ml setiap harinya..? Jika yang Anda berikan setiap 3 jam 80 ml, itu sudah cukup bagus.. 750-800 CC setiap hari bisa diusahakan..? ;-)

      Produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak yg ASI yg diproduksi.

      Yang tidak kalah pentingnya : Ibu harus dalam keadaan RILEKS.

      KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan keberhasilan ASI eksklusif. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui.

      Ingat : 1 pikiran “duh ASI peras saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun…

      Oh ya.. sepertinya Anda juga bisa kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/perkembangan-bayi-0-4-bulan.html

      http://www.tipsbayi.com/perkembangan-bayi-5-bulan.html

  35. sundari June 15, 2011 at 3:00 am #

    dear tips,
    fathan nanti tgl 20 juni usianya 7 bln, teman saya menyarankan agar diberi minyak ikan prolacta (ktnya bagus utk otak & daya tahan tubuh) bb fathan terakhir tgl 10 juni 84 kg
    makannya mau (gasol + sayuran + buah ) anaknya aktif tdk bs diam,
    susunya nursoy krn alergi susu ,
    yang ingin sy tanyakan bagus tidak diberikan prolacta krn kmrn2 imunisasi fathan telat krn dia alergi jd sering pilek + batuk (imunisasi Dtap aja br 1 x kmrn 1 juni, hepatitis B 2x, polio 3x), sangat mengharapkan jawabannya, many thanks

    • tipsbayi July 12, 2011 at 3:40 am #

      @ sundari,

      Waduh.. mohon maaf keselip baru dijawab.. ;-)

      BB Fathan bagus.. meskipun sedikit lebih dari ideal.. tapi termasuk bagus.. ditambah lagi Fathan aktif.. tanda dia sehat..

      Untuk Pemberian vitamin termasuk minyak ikan, sebaiknya Anda konsultasikan pada DSA Anda. Karena setiap bayi akan berbeda kondisinya, maka vitamin apa yang kurang dan dibutuhkan akan berbeda..

      Untuk minyak ikan alami yaitu dari ikannya itu sendiri yang terkandung dalam MPASI buatan Anda, tentu boleh saja dan bagus.. Agar pertumbuhan tulang atau tinggi maupun beratnya tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.. Perencanaan pola makan dengan gizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh..

      Untuk imunisasi “Lebih baik terjadwal daripada mengejar ketinggalan!” Sebenarnya secara umum kondisi Fathan seperti itu tidak mengapa. Coba konsultasikan dengan dokter Anda, namun pada umumnya, tidak mengapa jika imunisasi dilakukan pada anak-anak yang sedang sakit ringan seperti pilek, demam ringan, atau diare..

      Jangan khawatir.. Buah-buahan dan sayuran terkenal memiliki kandungan vitamin yang tinggi dan hal tersebut sangatlah baik untuk tubuh.

      Sumber makanan yang banyak mengandung vitamin A, antara lain susu, ikan, sayur-sayuran (terutama yang berwarna hijau dan kuning), dan juga buah-buahan (terutama yang berwarna merah dan kuning, seperti cabai merah, wortel, pisang, dan pepaya).

      Sumber utama vitamin B berasal dari susu, gandum, daging, ikan, dan sayur-sayuran hijau.

      Kita perlu banyak mengonsumsi banyak gandum, nasi, susu, telur, dan tanaman kacang-kacangan. Bahan makanan inilah yang telah terbukti banyak mengandung vitamin B1.

      B 6 Vitamin ini merupakan salah satu jenis vitamin yang mudah didapatkan karena vitamin ini banyak terdapat di dalam beras, jagung, kacang-kacangan, daging, dan ikan.

      Vitamin B12 atau sianokobalamin merupakan jenis vitamin yang hanya khusus diproduksi oleh hewan dan tidak ditemukan pada tanaman. Telur, hati, dan daging merupakan sumber makanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12. Maka telur saja yang bisa Anda berikan..

      Vitamin D juga merupakan salah satu jenis vitamin yang banyak ditemukan pada makanan hewani, antara lain ikan, telur, susu, serta produk olahannya, seperti keju.. ;-)

      Alergi susu sapi dan daging sapi, belum tentu alergi telur, ikan dan susu kedelai.. jadi Anda bisa memberikannya sebagai pengganti daging dan hati.. Anda jangan khawatir, kasus alergi umumnya akan hilang saat anak berusia satu tahun ke atas atau sudah berusia 15 tahun.. ;-)

  36. nurul May 30, 2011 at 3:10 am #

    siang tips bayi, anak saya aqila 8 bln bb 5,6 tb 71 cm sangat aktif dah bs duduk n tumbuh gigi 1 di bawah mulai mo blajar berdiri.alhamdulillah jarang sakit.makan mau apa saja tp jumlahnya tidak terlalu banyak, ga mau sufor asi aza.apakah perlu vitamin dan bagaimana supaya mau sufor? apakah bb nya masih wajar atau sangat kurang ?

  37. nurul May 30, 2011 at 3:03 am #

    siang, bayi saya aqila 8 bln bb 5,6 tb 71 cm wkt lahir bb 2,9 tb 48.alhamdulillah jarang sakit dan 7,5 dah duduk n gigi br 1 di bawah.sangt aktif.mau makan apa saja tp klo bubur dalam jumlah yg tdk banyak.mpasi pernah instan tp skrg saya buat sendiri. masih asi susah sekali saya kasih sufor.apakah bb anak saya masih wajar? atau sangat kurang? bagaimana supaya mau makan jumlah banyak n mau sufor jg slain asi?

    • tipsbayi July 15, 2011 at 3:30 am #

      @ nurul,

      Oh iya.. Afwan.. terlewat.. sekali lagi mohon maaf.. ;-)

      BB Bayi Anda meskipun terlihat kecil tapi Anda jangan khawatir, BB Bayi Anda masih tergolong normal karena masih 70% BB normal untuk bayi Indonesia yang lahir normal, panjangnya 71 atau 65..? Yang jelas panjangnya pun masih normal bahkan kalau benar 71 termasuk ideal dengan usianya..

      Bagus sekali Anda membuat MPASI sendiri dan masih memberikan ASI, pertahankan..! ;-)

      Memang ada kalanya bayi susah makan atau nafsu makannya menurun.. Maka kita harus jeli dan sabar mencari penyebabnya.

      Selain Anda selalu memvariasikan makanan bayi Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda.. :-)

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      Untuk mendorong anak Anda makan makanan yang bervariasi, Anda bisa mencoba:

      • Membuat makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      • Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      • Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      • Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikitsedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya.

      Ini adalah proses yang panjang, namun bayi Anda akan berterima kasih suatu hari nanti! ;-)

      Kenapa ingin memberikan sufor..? :-)
      Ada apa dengan ASI Anda..?
      Ingin memberikan yang “terbaik”?
      Atau.. ASI Anda kurang..?

      Produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak yg ASI yg diproduksi.

      Yang tidak kalah pentingnya : Ibu harus dalam keadaan RILEKS.

      KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan keberhasilan ASI eksklusif. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui.

      Ingat : 1 pikiran “duh ASI peras saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun…

      Meskipun susu formula terlihat bisa mengganti ASI, akan tetapi Susu terbaik untuk bayi Adalah ASI.. Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

      Dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

      Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

      ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

      Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

      Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

      Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

      Anda bisa baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

  38. Umminya fawwaz May 18, 2011 at 6:21 am #

    Assalamualaikum tips bayi..
    Anak saya saat ini berusia 13 bulan, dan saat ini belum bisa makan nasi. anak saya agak susah makannya, hanya mau makan yang bertekstur halus. saat ini kulitnya sensitif sekali sering putih2 seperti panu n susah dihilangkan. saat ini kalau makan suka disembur, dilepeh n ditutup mulutnya. lidahnya juga seperti terkelupas. apakah anak saya bermasalah dengan pencernaannya, ataukah saya harus menghubungi DSAnya ? trimakasih buat jawabannya ..

    • tipsbayi July 15, 2011 at 3:01 am #

      @ Umminya fawwaz,

      Wa’alaikumussalam, afwan keselip.. ;-)
      Memang ada kalanya bayi susah makan atau nafsu makannya menurun.. Maka kita harus jeli dan sabar mencari penyebabnya.

      Selain Anda selalu memvariasikan makanan bayi Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda.. :-)

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      Untuk mendorong anak Anda makan makanan yang bervariasi, Anda bisa mencoba:

      • Membuat makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      • Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      • Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      • Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikitsedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya.

      Ini adalah proses yang panjang, namun bayi Anda akan berterima kasih suatu hari nanti! ;-)

      Fawwaz belum bisa makan nasi.. tidak mengapa.. Rubah saja sedikit-sedikit tekstur makanannya sehingga nantinya tidak terasa menuju tekstur seperti nasi.. Bayi Ada sudah bisa memegang dan sudah mulai belajar mengunyah Anda juga bisa mulai memberikan ‘finger food’ sayuran kukus atau potongan buah, agar terbiasa dengan tekstur yang lain..

      Untuk keluhan kulitnya sebaiknya Anda hubungi DSA Anda agar bisa diperiksa dengan seksama. Meskipun untuk kulit mengelupas, kering atau mengkerut ..tidak perlu khawatir dengan hal ini, karena biasa dialami oleh bayi.

      Yang perlu dilakukan Anda :

      1. Menjaga suhu ruangan bayi agar tidak terlalu dingin atau panas
      2. Hindari hembusan angin.
      3. Biarkan kulit kering tersebut mengelupas dengan sendirinya.

      Kulit kering ini biasanya akan membaik sendiri .. ;-)

  39. andini May 9, 2011 at 10:33 am #

    dear tips bayi..aku mahasiswa yg lagi sibuk2nya bikin KTI tentang cara pemberian tablet zink yang benar….mau tau donk cara pemberian tablet zink pada bayi selengkapnya.makasih…

    • tipsbayi May 17, 2011 at 3:07 am #

      @ andini,

      Tablet zink untuk anak diare..?

      • Pastikan semua anak yang menderita Diare mendapat tablet Zinc sesuai dosis dan waktu yang telah ditentukan kecuali Bayi Muda
      • Dosis tablet Zinc ( 1 tablet = 200 mg )
      Berikan dosis tunggal selama 10 hari :
      ~. Umur 2 – 6 bulan : 1/2 Tablet
      ~. Umur ? 6 bulan : 1 Tablet

      • Cara Pemberian Tablet Zinc :
      - Larutkan Tablet dengan sedikit air atau ASI dalam sendok teh (tablet larut – 30 detik), segera berikan kepada anak.
      - Apabila anak muntah sekitar setengah jam setelah pemberian tablet Zinc, ulangi pemberian dengan cara memberikan potongan lebih kecil dilarutkan beberapa kali hingga satu dosis penuh.
      - Ingkatkan ibu untuk memberikan tablet Zinc setiap hari selama 10 hari penuh, meskipun diare sudah berhenti.
      - Bila anak menderita dehidrasi berat dan memerlukan cairan infus, tetap berikan tablet Zinc segera setelah anak bisa minum atau makan.

  40. Ika wahyuni May 2, 2011 at 11:46 am #

    Anak sy bilqis usia 16bulan.bb 9,1kg n tinggi 76cm lingkar kpala 46.5cm.sering skali demam n wkt dmam,napas sll grok2.anak aktif skali.dan ubun2 jg blum menutup.apa dia pngaruh dngan bb,n dmam n ubun2ny?

    • tipsbayi May 10, 2011 at 4:22 am #

      @ Ika wahyuni,

      BB dan tinggi Bilqis termasuk NORMAL 85 % bayi Indonesia.. Sebenarnya Anda jangan terlalu khawatir dengan demamnya. Perlu diketahui, demam karena penyakit apa pun, dari yang ringan seperti flu atau infeksi ringan, hingga infeksi berat di susunan saraf pusat atau di otak, dapat menggunakan kompres. Seiring dengan kemajuan ilmu kedokteran, telah ditemukan ternyata cara yang paling pas mengompres yaitu menggunakan air hangat bahkan memandikan anak dengan air hangat.

      Pada prinsipnya mengompres adalah memberi kemungkinan agar panas yang ada dalam tubuh dapat mengalir keluar. Panas keluar melalui tempat-tempat di mana pembuluh darah besar yang dekat dengan kulit berada. Maka kalau hanya dahi yang dikompres, kemungkinan yang dingin cuma dahinya, sementara tubuhnya tetap panas. Jadi cara yang benar adalah dengan meletakkan kompres di tempat yang tepat, yaitu di leher, ketiak, dan selangkangan..

      Sebaiknya Anda tunda pemberian obat apapun sebelum Anda konsultasi dengan dokter. Jika memang suhunya tinggi tidak turun (> 38,5 derajat Celcius), barulah berikan obat penurun panas atau bawa ke dokter. Jadi, sebenarnya Anda bukan sama sekali tidak boleh memberikan obat kepada anak Anda, hanya saja jangan terlalu mudah memberikannya… baru panas sedikit sudah dicekokin obat.. ;-)

      Akan tetapi, mohon dipahami bahwa Tips Bayi bukanlah tim dokter spesialis anak (DSA). Jika Anda perhatikan, di setiap halaman situs kami terdapat catatan kaki, “…Informasi yang disediakan di TipsBayi.com dimaksudkan untuk melayani para orang tua dan calon orang tua dalam merawat bayi dan merupakan tambahan dari sumber-sumber lain, sehingga tidak boleh dianggap dapat menggantikan konsultasi medis…”

      Tidak ada hubungan demam dengan ubun-ubun.. :-)

      Ubun-ubun terdiri atas ubun-ubun besar di bagian depan atas dan ubun-ubun kecil di bagian belakang atas. Ubun-ubun bayi masih sangat lunak dan dilapisi selaput tipis yang kuat. Lunaknya ubun-ubun ini secara alamiah sebetulnya membantu memperlancar proses persalinan, selain supaya perkembangan otak berjalan maksimal.

      Secara berangsur-angsur ubun-ubun akan tertutup oleh tulang tengkorak. Normalnya, ubun-ubun besar akan tertutup pada bulan ke-18, sedangkan ubun-ubun kecil akan tertutup pada bulan ke-2. Ubun-ubun yang belum menutup seringkali membuat orang tua cemas. Padahal sebetulnya hal ini justru diperlukan agar otak bayi mendapat ruang untuk berkembang normal. Jadi Anda tidak perlu cemas.. ;-)

  41. sari May 2, 2011 at 11:11 am #

    dear tips bayi
    bayi saya dikit lg mau 6 bln,saya mau tanya apakah aman memberikan bayi yg baru memulai mkn dgn bubur instan dan knp yah payudara saya yg sbelah kiri lebih kecil dbandingkan sbelah kanan,saya klo memberikan asi slalu sbelah kanan trus yg sbelah kiri jrg nete,kr2 ngaruh tdk klo payudara mjd kecil.
    itu saja ptanyaan saya
    terima kasih :)

    • tipsbayi May 10, 2011 at 3:42 am #

      @ sari,

      Sebaiknya jangan.. Bagus sekali bayi Anda diberikan makanan buatan Anda sendiri, karena apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

      Baik juga Anda baca artikel berikut..

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

      http://www.tipsbayi.com/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan.html

      Maaf.. Sebelumnya ukuran payudara Anda sama..? Itu memang bisa disebabkan karena kandungan ASI di payudara kanan lebih banyak karena terus disusukan.. Ingat.. produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Jadi sebaiknya Anda berikan ASI bergantian antara kiri dan kanan.. ;-)

  42. farisya Maisara April 24, 2011 at 7:47 am #

    dear tipsbyi..
    anak saya skarang suda berumur 4bln.. ble bagi sy tips macamana untuk membuatkan berat badan anak saya bertambah,kerana anak sy mempunyai berat 5.1kg setakat ini…. ap bole saya berikan anak saya makan multivitamin APPETTON??

    • tipsbayi April 30, 2011 at 3:53 am #

      @ farisya Maisara,

      BB bayi Anda masih tergolong normal, karena masih di atas 80% BB normal untuk bayi Indonesia, meskipun terlihat agak kecil ya..? Anda jangan terlalu khawatir.. Bayi Anda masih lincah dan aktif kan..?

      Pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat… Kecil bisa saja turunan lho.. ;-)

      Agar pertumbuhan tulang atau tinggi maupun beratnya tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.. Perencanaan pola makan dengan gizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh..

      Untuk pemberian vitamin penambah nafsu makan atau vitamin apa saja, sebaiknya Anda konsultasikan pada DSA. Saran kami, tidak harus memberikan suplemen yang macam-macam. Dengan ASI dan makanan bergizi sudah modal besar untuk mencetak anak sehat. Kalaupun Anda ingin memberikan vitamin selalulah konsultasikan dengan DSA Anda..

  43. ibu icca April 24, 2011 at 7:41 am #

    dear tipsbaby,
    anak sy skg sda 4bln 1 mnggu umur… apa bisa sy berikan anak sy bubur nasi yg d kisar ya dgan campuran isi ayam sedikit??karna dia tidak kuat minum ASI.

  44. ibu icca April 24, 2011 at 7:40 am #

    dear tipsbaby,
    anak sy skg sda 4bln 1 mnggu umur… apa bisa sy berikan anak sy bubur nasi yg d kisar ya dgan campuran isi ayam sedikit??

    • tipsbayi April 30, 2011 at 3:46 am #

      @ ibu icca,

      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan.. ;-)

      Anda bisa baca link terkait:

      http://www.tipsbayi.com/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan.html

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

  45. ema April 19, 2011 at 7:12 am #

    anak saya umur 9 bln,beratnya cm 6,5 kg. Kurus bgt ya,mkx sy khawatir jgn2 dia kekurangan nutrisi krn mmg tdk mau minum susu formula smtr sy kerja dr jam 7 smp jam 5 sore. sy coba beri dia cerebrofort gold. klo dikonsumsi terus menerus ada efek sampingnya kah?

    • tipsbayi April 30, 2011 at 3:37 am #

      @ ema,

      Apakah ibu bapaknya kecil..? Jangan terlalu khawatir dengan BB bayi Anda, BB bayi Anda masih normal karena masih pada rata-rata 70% BB normal untuk bayi Indonesia..

      pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat… Kecil bisa saja turunan lho.. ;-)

      Susu formulanya bisa Anda campurkan pada MPASI nya. Untuk pemberian vitamin penambah nafsu makan atau vitamin apa saja, sebaiknya Anda konsultasikan pada DSA. Saran kami, tidak harus memberikan suplemen yang macam-macam. Dengan ASI dan makanan bergizi sudah modal besar untuk mencetak anak sehat. Kalaupun Anda ingin memberikan vitamin selalulah konsultasikan dengan DSA Anda..

      Agar pertumbuhan tulang atau tinggi maupun beratnya tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.. Perencanaan pola makan dengan gizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.. ;-)

  46. mamanya rigel March 29, 2011 at 4:41 am #

    dear tips bayi,
    anak sy rigel,umur 1,5 thn,bobot 10kg.dia rewel bgt makanny.Kl teksturny kasar,sllu dilepeh,kl teksturny halus (kayak bubur bayi 6 bulan),dia kadang-kadang mau.Dan,dia minum ASI,kl susu formula dia gak mau,tp kl teh dia doyan banget..Apa perlu sy ksh vitamin aja,biar dy doyan makan?kl iya,tlg infonya vitamin apa yg hrs dia konsumsi..mohon dijawab y..trims..

  47. mamanya rigel March 29, 2011 at 4:40 am #

    dear tips bayi,
    anak sy rigel,umur 1,5 thn,bobot 10kg.dia rewel bgt makanny.Kl teksturny kasar,sllu dilepeh,kl teksturny halus (kayak bubur bayi 0-6 bulan),dia kadang-kadang mau.Dan,dia minum ASI,kl susu formula dia gak mau,tp kl teh dia doyan banget..Apa perlu sy ksh vitamin aja,biar dy doyan makan?kl iya,tlg infonya vitamin apa yg hrs dia konsumsi..mohon dijawab y..trims..

    • tipsbayi April 30, 2011 at 3:29 am #

      @ mamanya rigel,

      Rigel masih minum ASI.. itu bagus.. Anda bisa pertahankan.. Untuk teksturnya jangan sampai perubahannya drastis dari lembut ke kasar.. Rubahlah secara perlahan.. Untuk tambahan susu formula bisa Anda campurkan kedalam MPASI nya.

      Intinya masih mau makan yang lembek atau lembut tidak mengapa, rubahlah saja kekentalan buburnya secara bertahap mulai dari sekarang sekarang. Berikan cemilan-cemilan lain berbentuk “finger food” agar Rigel terbiasa dengan makanan sedikit kasar.. ;-)

      Jangan sekali-kali memberi kopi atau teh pada bayi Anda, karena kopi mengandung kafein yang justru berbahaya jika dikonsumsi bayi. Kafein dapat memacu denyut jantung lebih cepat, akibatnya bayi deg-degan terus, teh juga mengandung kafein, jadi minum teh tidak terlalu baik untuk anak-anak, hal ini dikarenakan setelah minum teh anak-anak akan mudah terangsang semangatnya, nafsu makannya menurun, selaput lendir saluran pencernaan menyusut sehingga mempengaruhi pencernaan makanan dan penyerapannya, bayi cukup dikasih susu saja…

      Jadi sekarang sudah ketahuan salah satu penyebab kurang nafsu makannya.. teh.. ya Anda sering memberikan Rigel teh.. ;-)

      Untuk pemberian vitamin penambah nafsu makan atau vitamin apa saja, sebaiknya Anda konsultasikan pada DSA. Saran kami, tidak harus memberikan suplemen yang macam-macam. Dengan ASI dan makanan bergizi sudah modal besar untuk mencetak anak sehat. Kalaupun Anda ingin memberikan vitamin selalulah konsultasikan dengan DSA Anda..

  48. oktavia March 16, 2011 at 4:15 am #

    Dear tips bayi,

    babyi saya usia 5 bulan lebih karena tepatnya di tgl 6 April besok baru 6 bln, di imunisasi tgl 4 kemaren beratnya 6.3 kg dan tinggi 65 cm. ini menurun dari bulan sebelumnya berat 6.4 kg dan tinggi 64 cm…
    ini bagaimana ya, kata DSA nya coba di liat nanti di usia 6 bln apakah turu ato naik lagi…
    saya kurang puas dengan ket DSA itu. Anak sy tetap minum ASI dan bantuan sufor krn sy bekerja dan produksi ASI klo di pompa cuma 250ml, sebenarnya berapa kali dan seberapa besar takaran nya bagi bayi utk minum sufor di siang hari, karena pada mlm harinya dia minum ASI sy langsung.
    sekarang bayi saya juga batuk dan kadang klo sehabis minum susu suka mual dan kadang muntah, muntah tdk selalu sich…..
    obat batuk yg alami apa ya, soalnya saya takut memberi bayi saya obat batuk dari dokter karena bnyk saya baca artikel ibu yg bicara klo dari dokter bayi mereka juga tdk sembuh dari batuknya,
    tolong jawabannya yg lebih rinci ya, tks

    • tipsbayi March 17, 2011 at 2:51 am #

      @ oktavia,

      BB bayi Anda cukup.. karena masih 90% BB normal untuk bayi Indonesia. Perlu diingat, pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat. Secara umum pertambahan BB dapat dikategorikan dalam hitungan sebagai berikut:

      * Triwulan pertama : 600- 1200 gram per bulan

      * Triwulan kedua : 500-600 gram per bulan

      * Triwulan ketiga : 350-450 gram per bulan

      * Triwulan keempat : 150-250 gram per bulan

      Untuk memastikan apakah bayi Anda masih dalam kategori normal, kurang atau berlebih, Anda dapat mengecek atau membandingkannya melalui kurva Lubchenko yang terdapat pada buku pantau tumbuh-kembang bayi atau KMS (Kartu Menuju Sehat) dari Puskesmas atau Rumah Sakit. Nah, berdasarkan kurva tersebut, parameter untuk mengetahui pertumbuhan bayi tidak hanya dilihat dari pertambahan BB, tapi juga tinggi badan dan ukuran lingkar kepala.. ;-)

      Bagus Anda teruskan saja memompa ASI untuk diberikan pada bayi Anda, dan susukan terus ASI Anda..! Ingat.. produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Yang tidak kalah pentingnya : Anda harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun… ;-)

      Pedoman sederhananya berikan susu pada siang hari sesuai dengan permintaan bayi Anda, selain itu diberikan sesuai dengan jadwalnya yang sudah ditetapkan. Jarak pemberian susu formula kurang lebih 3,5 – 4 jam. Berikan sering bukan banyak..

      Jika setelah lebih dari 6 bulan kebutuhan susu semakin berkurang karena anak sudah mengenal makanan sehingga cukup diberikan 300 – 400 cc per hari..

      Lambung yang penuh juga bisa bikin bayi gumoh. Ini terjadi karena makanan yang terdahulu belum sampai ke usus, sudah diisi makanan lagi. Akibatnya si bayi muntah. Lambung bayi punya kapasitasnya sendiri. Misalnya bayi umur sebulan, ada yang sehari bisa minum 100 cc, tapi ada juga yang 120 cc. Nah, si ibu harus tahu kapasitas bayinya. Jangan karena bayi tetangganya minum 150 cc lantas si ibu memaksakan bayinya juga harus minum 150 cc, padahal kapasitasnya cuma 120. Jelas si bayi muntah…

      Atau muntah karena disebabkan oleh batuknya..

      Volume lambung bayi sangat sempit sekali.., jadi gampang penuh dan cepat lapar lagi maka bila minum susunya kebanyakan akan keluar lagi (gumoh), solusinya susui sering bukan lama lalu sendawakan dengan cara gendong berdirikan dengan begini air susu akan turun ke lambung dan tidak akan gumoh, selama gumoh tidak masuk saluran pernafasan tidak apa-apa, cara menidurkan bayi yang sering gumoh bisa dengan cara miring agar bila bayi gumoh maka tidak akan masuk ke saluran pernafasan.

      Untuk penggunaan obat-obatan sebaiknya Anda mengikuti petunjuk dokter..

      Penyebab penyakit flu adalah virus yang umumnya akan mereda dalam waktu 3-5 hari. Hingga saat ini pun sebenarnya belum ada obat mujarab untuk membunuh virus. Obat flu yang ada hanya sekadar untuk meringankan gejala-gejalanya saja, seperti obat penurun demam, pelega hidung tersumbat, dan pengencer lendir. Jadi saran kami susui terus saja dengan ASI dan istirahat yang cukup. ASI seperti diketahui, mengandung zat-zat kekebalan tubuh (imunoglobulin) yang tidak terdapat pada susu formula. Untuk batuk berdahak pada bayi agak sedikit lama karena bayi belum bisa membuang dahaknya sendiri.. ;-)

  49. hana March 16, 2011 at 1:59 am #

    dear tips bayi

    tips bayi.anak (8 bulan) kemaren diare sampai 7 hari. Puji Tuhan kemaren bab nya tinggal 2 kali tapi fesesnya masih lembek dan asem.
    saya tidak bawa kedokter karna kasihan anak saya dalam sebulan ini sudah kedokter dua kali.
    saya baca suplemen zinc bagus untuk diare.
    yang mau saya tanyakan…apakah saya boleh kasih suplemen zinc ke anak saya..bagaimana triknya agar tidak kelebihan suplemen zinc karna anak saya minum sufor?
    dan hari ini saya ganti susu anak saya … kemaren masih selang seling satu botol. tapi hari ini saya mau langsung aja pakai susu baru.takutnya susu lama anak saya sudah tidak cocok, makanya jadi diare.itu tidak apa2 kan tips bayi.
    dan sekarang anak saya juga batuk… apa ada obat trasdisonal untuk batuk ya tips bayi…(maaf melenceng dari topik :)

  50. lisa March 13, 2011 at 2:40 am #

    Anak saya umur 1tahun 2bln. Makannya pinter minum susu jg baik. Nah pas aku kasi susu dia menolak ternyata susu yg aku berikan rasa madu pdhal sblmx dia mnm rasa vanilla ( papanya salah beli) kemudian aku blikan lg yg vanila Tp dia tetap menolak utk minum susu. Ini uda seminGgu gak mau mnm susu. Jd aku kasi susu uht kemasan. Kira2 kenapa ya anakku tidak mau minum sufor nya? Padahal sufornya kan mengandung byk vitamin. Mohon penjelasannya.thx.

  51. Puryanto January 14, 2011 at 4:43 pm #

    Saya mau punya bayi,,,,tipnya apa ya….

  52. nuri bundany jagad December 6, 2010 at 11:55 am #

    dear tips,jagad dh smggu kena diare,berak cair.trs sm adik sy yg bidan dkasih dialag jg suru minum zinc.skr dh mulai sembuh,cm zinc katany harus ttp diteruskn smp 10hp.yg ingn sy tnykn,apa efekny jika zinc tdk dkonsumsi slm 10hr brtrut2?,soalny kasian jagad tiap hbs mnum zinc pst ky mw muntah..

    • tipsbayi December 18, 2010 at 3:26 am #

      @ nuri bundany jagad,

      Zinc merupakan salah satu zat gizi mikro yang penting untuk kesehatan dan pertumbuhan.

      Zinc yang ada dalam tubuh akan hilang dalam jumlah besar pada saat seorang anak menderita diare. pengganti zinc yang hilang dengan demikian sangat diperlukan dalam proses kesembuhan seorang anak dan untuk menjaga kesehatannya di bulan-bulan mendatang.

      Benar, tablet zinc harus diberikan selama sepuluh hari penuh (walaupun diare telah berhenti sebelum 10 hari). Pastikan anak yang menderita diare menerima zinc sesuai dosis dan
      waktu yang telah ditentukan.

      Apabila anak muntah sekitar setelah jam setelah pemberian tablet zinc, berikan lagi tablet zinc dengan cara memberikan potongan lebih kecil dan berikan beberapa kali hingga satu dosis penuh.. ;-)

  53. Yulie November 2, 2010 at 6:51 am #

    Dear Tips,

    Dimana ya saya bisa memperoleh herbalacta? apa dijual bebas di Apotik?
    Setahu saya hanya di jual di apotik2 tertentu, Sementara ada apotik online yang juga menjual nya – tapi sayang sampai sekarang request saya tidak ada respondnya.
    Mungkin tips bisa membantu? Saya berdomisili di bekasi.

    • tipsbayi December 18, 2010 at 3:20 am #

      @ Yulie,

      Anda tinggal di Bekasi ya..? Katanya di Apotik ada.. meskipun tidak di semua apotik ya.., tapi Anda tidak ada salahnya mencoba.. ;-)

  54. kak Zepe Lagu2anak.blogspot.com October 22, 2010 at 4:36 am #

    Nice content and blog!!

    Ajarkan buah hati anda untuk menyikat gigi yang rajin sedini mungkin…
    Cara termudah menasihati anak agar mau menyikat gigi
    adalah dengan mengajarinya sebuah lagu tentang pentingnya sikat gigi
    dan kapan mereka harus menyikat gigi….
    Ada beberapa lagu anak-anak yang lain dan udah dipakai di beberapa
    Paud dan TK di seluruh Indonesia…

    • tipsbayi November 6, 2010 at 1:15 am #

      @ kak Zepe,

      Masukan yang bagus dan bermanfaat.. ;-)

  55. fida October 8, 2010 at 5:44 am #

    bagaimana supaya bayi cpt tumbuh gigi?
    Anak saya 10bln blm tmbh gi2

    • tipsbayi October 9, 2010 at 3:10 am #

      @ fida,

      Anda jangan khawatir.. Perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Termasuk pertumbuhan gigi. Pada setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan gigi yang sama. Faktor keturunan sangat berpengaruh..

      Mungkin Anda dan/atau suami Anda pun memiliki sejarah yang sama dengan bayi Anda… :-)

      Apabila pada usia 14 bulan belum ada tanda tumbuh gigi barulah Anda konsultasi dengan dokter ahli gigi.. ;-)

  56. mama adiv October 8, 2010 at 3:32 am #

    siang tips bayi yang tercinta…
    mo tny lg ni,,,anak sy udh usia 16 bln,,trs kalo sy lg mkn anak saya sukanya minta,
    mesti saya kasi,,kalo saya pengen kasi dia ikan laut kalo di goreng pake blueband atau margarin boleh ga?
    trimakasih ats jawabannya..

    • tipsbayi October 9, 2010 at 3:08 am #

      @ mama adiv,

      Usia anak Anda sudah 16 bulan.. Dan ikannya digoreng dengan margarin.. Boleh.. ;-)
      Hati-hati dengan durinya dan jangan lupa jadwal makan buahnya..

  57. Rara October 6, 2010 at 7:56 am #

    dear tips…
    anak saya tergololong berat badanya dibawah normal , lagi 10 hari umurnya 8 bln tp berat badanya msh 6,6 kg asupan gizi yg baik seperti apakah yg harus saya berikan sehingga berat badanya menjadi ideal

    • tipsbayi October 9, 2010 at 3:04 am #

      @ Rara,

      Jangan terlalu khawatir dengan BB bayi Anda, BB bayi Anda masih normal karena masih pada rata-rata 80% BB normal untuk bayi Indonesia.. ;-)

      Agar pertumbuhan tulang atau tinggi maupun beratnya tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP..

      Dan perencanaan pola makan dengan gizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.. Pertahankan ASI.. !

      Baiklah, ada baiknya Anda mengetahui tahapan pengenalan MPASI:

      1. Mulai usia 6 bulan

      * Tekstur makanan : semi cair.
      * Mulailah dengan makanan lunak seperti biscuit yang diencerkan pakai air atau susu. Kenalkan pula bubur susu dalam jumlah sedikit demi sedikit. Bubur susu sebaiknya dibuat sendiri dari tepung beras yang dicampur dengan ASI atau susu formula. Untuk pengenalan rasa, selingi dengan tepung beras merah, kacang hijau, atau labu kuning.
      * Mulai pemberian sayuran yang dijus, kemudian buah yang dhaluskan atau di jus. Sayur dan buah yang disarankan yaitu: zicchini, pisang, pir, alpukat, jeruk.
      * Pemberian ASI atau susu formula di selang seling waktu makan utama.

      2. Mulai usia 7 bulan

      * Perkenalkan dengan tekstur yang lebih kasar (semi padat) yaitu bubur tim saring. Coba terus seandainya bayi menolak atau muntah karena tahapan ini harus dilaluinya.Jika tidak nanti bayi akan malas mengunyah.
      * Perhatikan asupan zat besi seperti hati sapi karena di usia ini cadangan zat besi bayi mulai berkurang.
      * Setelah secara bertahap pemberian tim saring, bayi bisa dikenalkan dengan nasi tim tanpa disaring.
      * Jenis sayur dan buah yang disarankan: asparagus, wortel, bayam, sawi, bit, lobak, kol, mangga, blewah, timun suri, peach.
      * Bisa juga ditambahkan ayam, sapi, hati ayam/sapi, tahu, tempe.

      3. Mulai usia 9 bulan

      * Mulai dikenalkan dengan bubur beras atau nasi lembek, lauk pauk dengan sayuran seperti sup.

      4. Pada usia lebih dari 1 tahun, anak sudah bisa mengkonsumsi makanan keluarga.

      Baca juga: http://www.tipsbayi.com/index.php/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan

      Untuk contoh menunya, Anda bisa melihat di:

      http://www.tipsbayi.com/index.php/category/makanan-bayi

      Selamat mencoba.. :-)

  58. lina October 4, 2010 at 7:32 am #

    thanx tips bayi….artikel nya ok bgt, untuk ibu2 muda seperti saya yang baru menjadi ibu jadi lebih banyak tahu tentang bagaimana seharusnya kita memberikan asupan gizi yang baik kepada buah hati kita agar tumbuh dan berkembang secaara optimal.

    • tipsbayi October 9, 2010 at 2:59 am #

      @ lina,

      Sama-sama.. Senang bisa membantu Anda.. ;-)

  59. tipsbayi September 30, 2010 at 4:12 am #

    @ bunda nolis,

    Bayi sudah bisa membedakan rasa..
    Sebenarnya ASI sangat bagus sekali untuk kekebalan tubuh bayi Anda, ASI adalah susu terbaik untuk bayi Anda yang tidak akan tertandingi sekalipun oleh sufor termahal.. ;-)

    Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

    Dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

    Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

    ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

    Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

    Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

    Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

    Jadi pilih ASI atau sufor…? :-)

    Untuk selanjutnya jika memang suhunya tinggi tidak turun (> 38,5 derajat Celcius), barulah berikan obat penurun panas atau bawa ke dokter. Jadi, sebenarnya Anda bukan sama sekali tidak boleh memberikan obat kepada anak Anda, hanya saja jangan terlalu mudah memberikannya… baru panas sedikit sudah dicekokin obat.. ;-)

    Perlu diketahui, demam karena penyakit apa pun, dari yang ringan seperti flu atau infeksi ringan, hingga infeksi berat di susunan saraf pusat atau di otak, dapat menggunakan kompres. Seiring dengan kemajuan ilmu kedokteran, telah ditemukan ternyata cara yang paling pas mengompres yaitu menggunakan air hangat bahkan memandikan anak dengan air hangat.

    Pada prinsipnya mengompres adalah memberi kemungkinan agar panas yang ada dalam tubuh dapat mengalir keluar. Panas keluar melalui tempat-tempat di mana pembuluh darah besar yang dekat dengan kulit berada. Maka kalau hanya dahi yang dikompres, kemungkinan yang dingin cuma dahinya, sementara tubuhnya tetap panas. Jadi cara yang benar adalah dengan meletakkan kompres di tempat yang tepat, yaitu di leher, ketiak, dan selangkangan..

  60. bunda nolis September 28, 2010 at 4:25 am #

    dear tips bayi…
    bayi saya usianya hampir 3 bulan, saat usia 2 bulan setelah imunisasi DPT bayi saya panas diberi obat langsung muntah…mungkin karena obat demamnya agak pahit…tetapi setelah saya coba obat lain yang rasanya lebih manis reaksinya sama saja..muntah banyak….bgmn ya caranya agar bayi bisa minum obat?apakah bayi umur 1-3 bulan sudah bisa membeda2kan rasa?sehingga ia memuntahkan semua yang selain ASI?mohon jawabannya…terimakasih tips bayi…
    bunda nolis :)

  61. tipsbayi September 28, 2010 at 3:32 am #

    @ jeani,

    Artikel yang bagus dan bermanfaat…

    Jadi.. Alergi pada bayi memang bukan suatu penyakit. Alergi adalah reaksi hipersensitivas tubuh terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing atau berbahaya. Reaksi alergi biasanya muncul bila bayi memiliki kecenderungan bawaan (genetik)..

    Kasus alergi susu umumnya akan hilang saat anak berusia satu tahun ke atas atau sudah berusia 15 tahun. Menurut data, sebanyak 56 persen bayi yang se belumnya menderita alergi susu, sudah menjadi toleran ketika berumur satu tahun. Sedangkan pada umur 15 tahun, 95 persen anak sudah tidak menderita alergi susu lagi.. ;-)

    Saran kami untuk mengantisipasi alergi, untuk sementara hidari saja dulu perkiraan pencetus alerginya (ganti sufornya atau berikan ASI saja)..

  62. jeani September 23, 2010 at 7:34 am #

    Dear Tips,
    saya membaca salah satu artikel tentang cara yg tepat tuk memilih sufor. diartikel tsb membahas ciri2 bayi yg alergi ps sufor (lbh jelasnya saya mengcopy bagianyg menjelaskan ciri2 alergi pd bayi karena sufor). dari ket tsb bayi saya memiliki ciri2 yg sama dgn artikel, seperti :

    “Tabel 1. Manifestasi klinis yang sering diperberat dan dikaitkan karena reaksi alergi atau reaksi simpang susu formula.
    •o Saluran cerna : Pada bayi : sering muntah/gumoh, kembung,”cegukan”, sering buang angin, sering “ngeden atau mulet”, sering rewel,gelisah atau kolik terutama malam hari) dan sering minta minum. Sering buang air besar (> 3 kali perhari), tidak BAB tiap hari. Kotoran berbau tajam, warna hijau atau berak darah. Lidah/mulut sering timbul putih, Karena sering ngeden beresiko terjadi Hernia Umbilikalis (pusar), Scrotalis dan inguinalis.
    Pada anak lebih besar : mulut berbau, sulit buang air besar, BAB tidak tiap hari, kotoran bulat-bulat seperti kotoran kambing, berbau tajam, warna hijau tua atau hitam, nyeri perut.

    •o Kulit sensitif, sering timbul bintik atau bisul kemerahan terutama di pipi, telinga dan daerah yang tertutup popok. Kerak di daerah rambut.Timbul bekas hitam seperti tergigit nyamuk. Kotoran telinga berlebihan. Kulit Kepala Berkerak. Pembesaran kelenjar di belakang kepala atau leher. Sering berkeringat (berlebihan), kepala, telapak tangan atau telapak kaki sering teraba sumer/hangat.

    •o Saluran napas : Pada bayi : Napas grok-grok, kadang disertai batuk ringan, terutama malam dan pagi hari. Sering bersin, pilek, kotoran hidung banyak, Bila tidur kepala sering miring ke salah satu sisi karena hidung buntu sebelah. Minum ASI sering tersedak atau minum dominan hanya satu sisi bagian payudara. Mata sering berair atau sering timbul kotoran mata (belekan) salah satu sisi/kedua sisi.

    Pada anak besar : sering batuk, batuk lama (>2 minggu), pilek, (terutama malam dan pagi hari siang hari hilang) sinusitis, bersin, sesak, astma dan suara serak.
    Reaksi simpang makanan seperti ketidakcocokan susu formula terutama mengganggu sistem saluran cerna. Gangguan saluran cerna tersebut kadang mengakibatkan gangguan permeabilitas pada saluran cerna atau leaky gut. Banyak penelitian terakhir mengungkapkan bahwa gangguan saluran cerna kronis dengan berbagai mekanisme imunopatofisiologis dan imunopatobiologis ternyata dapat mengakibatkan gangguan neurofungsional otak. Gangguan fungsi otak tersebut mempengaruhi gangguan perilaku seperti gangguan konsentrasi, gangguan emosi, gangguan tidur, keterlambatan bicara, gangguan konsentrasi hingga memperberat gejala ADHD dan Autis.

    Tabel 2. Gangguan perilaku dan motorik (gangguan neuroanatomis dan neurofisiologis) yang sering diperberat dan dikaitkan karena reaksi alergi atau reaksi simpang susu formula
    •o Gangguan neuroanatomis : mudah kaget bila ada suara yang mengganggu. Gerakan tangan, kaki dan bibir sering gemetar, sakit kepala, migrain
    •o Gerakan motorik berlebihan atau hiperkinetik :
    usia 6 bulan bila digendong sering minta turun atau sering bergerak/sering menggerakkan kepala ke belakang-membentur benturkan kepala. Sering bergulung-gulung di kasur, menjatuhkan badan di kasur (“smackdown”}, sering memanjat. Perilaku “tomboy” pada anak perempuan
    •o Gangguan tidur (biasanya malam hari) gelisah/bolak-balik ujung ke ujung, bila tidur posisi “nungging”, berbicara, tertawa, berteriak dalam tidur, sulit tidur. Pada anak lebih besar, malam sering terbangun/duduk,mimpi buruk, “beradu gigi”
    •o Agresif dan emosi meningkat : sering memukul kepala sendiri,orang atau benda di sekitarnya. Sering menggigit, menjilat, mencubit, menjambak (spt “gemes”). Mudah marah, keras kepala sering berteriak.
    •o Gangguan konsentrasi dan gangguan belajar : Cepat bosan terhadap sesuatu aktifitas (kecuali menonton televisi, baca komik atau main game), tidak bisa belajar lama, terburu-buru, tidak mau antri, tidak teliti, sering kehilangan barang atau sering lupa, nilai pelajaran naik turun drastis. Nilai pelajaran tertentu baik, tapi pelajaran lain buruk. Sulit menyelesaikan pelajaran sekolah dengan baik.Sering mengobrol dan mengganggu teman saat pelajaran, biasanya tampak cerdas dan pintar.
    •o Gangguan koordinasi dan keseimbangan motorik kasar :
    Bolak-balik, duduk, merangkak terlambat atau tidak sesuai usia. Berjalan sering terjatuh dan terburu-buru, sering menabrak, jalan jinjit, duduk leter W/kaki ke belakang. Gangguan mengunyah atau menelan, tidak mau makan berserat seperti sayur atau daging atau terlambat kemampuan makan nasi tim (normal usia 9 bulan) atau nasi (normal usia 1 tahun)
    •o Keterlambatan bicara: Perbendaharaan kata kurang dari 5 kata pada umur 15 bulan, kemampuan bicara atau ngoceh-ngoceh hilang dari yang sebelumnya bisa. Bila tidak ada gangguan kontak mata, gangguan pendengaran, dan gangguan intelektual biasanya usia lebih 2 tahun membaik.
    •o Memperberat gejala dan perilaku ADHD (hiperaktif) dan AUTIS (hiperaktif, keterlambatan bicara, gangguan sosialisasi.

    yang ingin saya tanyakan benarkah isi artikel ini? terus bagaimana crnya mengantisipasi alergi sufor pd bayi. sufor apakah yg cocok untuk bayi.?

    thanx

  63. tipsbayi September 20, 2010 at 4:06 am #

    @ mama adiv,

    Bagus Anda membuat makanan Adiv sendiri.. Benar sebenarnya Anda sudah bisa mencoba memberikan nasi. Awali dengan nasi bertekstur agak lembek dengan porsi bertahap.. Dicoba dan dibiasakan.. ;-)

    Sayur kangkung boleh saja.. Lebih bagus bagian daunnya karena lebih mudah dicerna..

  64. tipsbayi September 20, 2010 at 3:56 am #

    @ uminya arfan,

    Terkadang karena banyak orangtua merasa bahwa ASInya masih sedikit atau takut anak gak kenyang, banyak yg segera memberikan susu formula. Padahal pemberian susu formula itu justru akan menyebabkan ASI semakin tidak lancar.

    Ingat ! Produksi ASI prinsipnya “based on demand” sama seperti prinsip pabrik. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka makin banyak ASI yang diproduksi.

    Usahakan Anda memberikan ASI terus.. ASI itu kan tergantung dengan mindset kita. Kalo di pikiran Anda ditanamkan pesan bahwa “ASI saya pasti cukup buat bayi saya!”, itulah yg akan terjadi.. sebaliknya dalam benak kita terus menerus ada kekuatiran, “Duh, ASI saya sedikit banget, kayanya ngga cukup deh..” ya itu pula yang akan terjadi..

    Dan.. Suasana hati juga berpengaruh lho.. maka Anda harus tetap tenang dan rileks.. ;-)

    Herbalacta adalah sejenis obat herbal untuk memperpanjang produksi ASI, mengandung Ekstrak Vitex trifolia 50%, Ekstrak buah Vitex agnuscastus 50%..

  65. Bali Wedding September 18, 2010 at 3:43 am #

    Merawat bayi atau anak yang baru lahir tidak segampang yang kita kira, kadang orang yang belum terbiasa merawat bayi yang baru lahir merasa takut untuk memegangnya atau menggendongnya, ya takut sibayi keseleo dan lain sebagainya.

    tetapi kalau sudah terbiasa ya enak aja kok dan tidak merasa takut untuk merawat dan memandikan bayi……….ya kalau masih takut perlu meminta bantuan orang tua atau mertua yang sudah terbiasa merawat anaknya atau juga biasanya orang memanggil dukun bayi untuk membantu merawat anak sampai selapan, atau anaknya sampai berumur satu bulan.

    ya sebagai ibu muda dan belum berpengalaman memang perlu untuk meminta bantuan merawat bayi tetapi kita sendiri juga perlu belajar merawat bayi kita, supaya hubungan dan komunikasi terhadap anak bisa terasa, dan satu lagi kalau kita bisa merawat bayi sendiri itu akan membantu melangsingkan badan si ibu yang baru memiliki bayi………salam kenal…….

    Bali.. :-)

  66. mama adiv September 18, 2010 at 3:38 am #

    dear tips bayi…
    sy mo tny ni,,,,anak saya berumur 15 bln, untuk makannya anak saya msh makan bubur yg saya buat sendiri, temen2 ada yang nyaranin suruh kasi nasi lembek,, tapi saya takut anak saya nanti muntah,,,dan bolehkan anak usia 15 bln makan sayur kangkung ???
    atas waktunya saya ucapkan terima kasih ya….

  67. uminya arfan September 15, 2010 at 2:33 am #

    dear tips….
    mau tanya nich , meski bayi saya dah 6 bln saya masih pengen ngasih asi,,,tapi produksi asi menurun,,udah minum moloco, laktafit, asifit n lancar asi tetep gak banyak….sayur mayur and kacang-kacangan jg udh….ada info gak spy asi bisa banyak lg…..herbalacta itu apa ya
    thank ya sebelumnya

  68. tipsbayi September 7, 2010 at 4:57 am #

    @ bunda rahma,

    Memang harus coba-coba dan usahakan situasinya dibuat menyenangkan…

  69. bunda rahma September 5, 2010 at 3:00 am #

    gmn ya caranya supaya bayi mau susu formula

  70. tipsbayi August 23, 2010 at 3:41 am #

    @ Epik,

    Informasi yang disediakan di TipsBayi.com dimaksudkan untuk melayani para orang tua dan calon orang tua dalam merawat bayi dan merupakan tambahan dari sumber-sumber lain, sehingga tidak boleh dianggap dapat menggantikan konsultasi medis. Kami tekankan agar Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan Dokter Spesialis Anak (DSA) ataupun praktisi medis lainnya sebelum melakukan atau tidak melakukan suatu aksi medis terhadap bayi Anda. Kami pun menyarankan agar Anda mengikuti saran dan rekomendasi praktisi medis Anda…

  71. Epik August 22, 2010 at 11:38 am #

    Dear tips,bayi saya umurnya 5bln,BB 8,2kg,TB 64cm,LK 42 cm.lahir sectio BBB 3,5kg ASI ekslusif,sejak umur 1bln sampai sekarang saya memberinya vitamin SanbePlex ,sebelumnya diberi resep oleh DSA dan saya terus melanjutkannya.Apakah ada efek sampingnya memberi vitamin secara teru menerus?sampai umur berapa bayi diberikan vitamin tambahan?mg lalu pada saat imunisasi,DSA saya memberikan obat anemia oral Maltofer Iron Polymaltose Complex utk pencegahan saja karena saya tanya katanya bayi saya baik2 saja.apakah ini aman buat bayi saya? mohon penjelasannya,terima kasih

  72. tipsbayi August 17, 2010 at 6:04 am #

    @ yull,

    Tunggu sampai usianya 6 bulan, karena pencernaannya belum kuat…
    Nanti setelah 6 bulan, Anda bisa melihat jenis makanannya (MPAS) di: http://www.tipsbayi.com/index.php/category/makanan-bayi

  73. yull August 12, 2010 at 7:45 am #

    dear tips bayi….
    mo tanya bayi 5 bulan dah boleh dikasih jus buah apa saja? dan klo bubur saring dah boleh belum? begitu juga dengan pure kentang/wortel/alpukat/pisang dah boleh diberikan?

    Terimakasih atas jawabannya…

  74. tipsbayi August 9, 2010 at 3:28 am #

    @ Ratih,

    Karena bayi Anda memang situasinya tidak normal karena tidak menerima ASI, maka silahkan saja ikuti petunjuk DSA Anda…

  75. tipsbayi August 9, 2010 at 3:23 am #

    @ Ratmi,

    Baik, kami usahakan segera… :)

    @ Andy,

    Kalau mau bertanya, boleh di situs – tentu saja sebaiknya pada artikel/topik yang sesuai, atau boleh saja email kami si kontak [at] tipsbayi.com –> [at] nya diganti @ ya…

    Mengenai tidur bayi telungkup, Anda bisa membaca:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/kontroversi-posisi-bayi-tengkurap

    http://www.tipsbayi.com/index.php/waktunya-tengkurap

    http://www.tipsbayi.com/index.php/bentuk-kepala-rata-pada-bayi-dan-infeksi-telinga

    Semoga membantu!

  76. tipsbayi August 9, 2010 at 3:10 am #

    @ Bunda Rajwaa, vita, popy, linda:

    Bayi yang hanya makan makanan kesukaannya sulit mengembangkan rasa suka terhadap berbagi makanan lainnya. Dan ia akan dan mudah menjadi pemakan yang rewel atau si susah makan. Jangan terlalu khawatir; hampir semua bayi melewati masa rewel makan tersebut, jadi yang terpenting adalah dia tetap mendapat variasi lebih banyak dalam menu pemberian makanan tambahannya untuk mendapat semua manfaat yang dibutuhkannya.

    Untuk mendorong anak Anda makan makanan yang bervariasi, Anda bisa mencoba:

    • Membuat makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

    • Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

    • Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

    • Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikitsedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun bayi Anda akan berterima kasih suatu hari nanti!

    Mengenai Omega 3 dan Propolis, jika bayi Anda memperoleh makanan yang cukup dan seimbang, sebenarnya keduanya tidak diperlukan…

  77. tipsbayi August 9, 2010 at 3:06 am #

    @ jeani,

    Sepertinya pertanyaan Anda sudah ditanyakan pada artikel lain ya? Sudah kami jawab juga di: http://www.tipsbayi.com/index.php/resep-makanan-bayi-tim-saring-telur#comment-5601

  78. tipsbayi August 9, 2010 at 2:31 am #

    Salam hangat semuanya… Untuk yang belum terjawab pertanyaan dan komentarnya mohon maaf ya… maklum, Tips Bayi kan berlibur akhir pekan juga :)

    Apalagi sekarang semakin banyak pertanyaan dan tanggapan yang kami terima.

    Baiklah, kami coba tangapi satu per satu ya, semoga bermanfaat…

  79. ratih August 6, 2010 at 9:23 am #

    Dear Tips Bayi,

    trims artikelnya sangat bermanfaat untuk aku dan bayi ku….. ^_^.
    saat ini bayi berumur 4 bln, hingga sekarang aku masih meberikan vitamin untuk anakku.. apakah ada efek nantinya, tips..?
    Dari lahiran Naia ga dapet ASI karena ASI aku dkit, usaha udah banyak, makan sayuran dan buah2 ampe mnum obat pemacu rangsangan ASI. Tapi tetep ASI nya ga cukup ASI nya, tips… :-I
    Vitamin yang aku berikan juga atas konsul dari DSA, pertanyaan ku apakah baik vitamin diberikan tiap hari, tips..?
    Mohon bantuannya dan petunjukknya, ya tips.. ^_^

    slm hangat
    Mami Naia

  80. nita August 6, 2010 at 7:02 am #

    terima kasih atas infonya,ini sangat membantu sekali tuk kami para orang tua. Akan tetapi tolong dong ditambah dengan adanya tanya jawab?????
    Terima kasih

  81. linda August 6, 2010 at 5:09 am #

    Tips bayi thanks tips2nya, bayi saya yang kedua skarg sudah usia 16 bulan tapi berat badanya susah sekali nambahnya, dari kecil dia susah sekali minum susu formula sampai sekarang paling banyak sehari cuma 6 sendok takar sedangkan makanya juga agak susah dan dia saya tinggal kerja dari jam 8 spai jam 5 sore, maka dari saran teman saya coba kasi vitamin curcurmaplus untuk menambah nafsu makannya, pertanyaan saya berbahayakan kalau setiap hari saya kasi vitamin tersebut dg takaran sesuai pada aturannya, mohon infonya

  82. Bunda Rajwaa August 6, 2010 at 4:58 am #

    Tips kok yg d jawab cm 1 si? Yg lain gmana?Nunggu nih..

  83. popy August 6, 2010 at 3:15 am #

    makasi infonya….baby ku umurnya dah 17 bln, laki2, berat 11,6 kg…tp dah 1 bln ini gak mau mkn nasi..maunya mimik trus.aku kasih sufor, dah berenti asi sejak umurnya 11 bln.perlu diberi suplemen gak ya?bgsnya dikasih apa?trus sufor yg bgs yg mana yah?

  84. ummi anis August 5, 2010 at 6:01 am #

    semua yang berlebihan emang gak baik ya… trimakasih infonya, jadi tambah yakin deh kalo asupan makan ibu selama periode asi eksklusif cukup dan bervariasi dan begitu masuk masa mpasi kita juga memperkenalkan berbagai jenis bahan makanan sesuai usianya, kita gak usah khawatir baby kita kekurangan vitamin dan mineral

  85. inna August 5, 2010 at 4:50 am #

    Trims atas infonya..

  86. Ratmi August 5, 2010 at 3:52 am #

    Thanks atas tips2 nya sangat bermanfaat sekali. saya berharap TipsBayi.com dapat menjelaskan ttg sejarah Imunisasi dan keuntungannya secara transparan.
    saya tunggu infonya. Thanks a lot.

    Bunda Raihana.

  87. Andy August 5, 2010 at 12:50 am #

    Terima kasih buat indonya..sangat di perlukan sekali buat saya dan istri yang baru punya anak…ada beberapa saran juga dari temen-temen katanya mesti di kasih vitamin tambahan biar lebih strong and healty..
    akhirnya saya jadi bingun koq pas pemeriksaan ke dokter gak di bilangin tentang vitamenin dan suplemen yang perlu buat bayi saya..ternyata semua nya sudah tercakup dalam kandungan ASI ekslusif..

    Oh iya klo mau nanya seputar bayi di mana yach ??

    Apakah Bayi sebulan boleh ditidurin telungkup??

  88. vita August 4, 2010 at 6:01 am #

    anak saya saat ini usia nya 21 bulan sudah 2 bulanan nie makan nya susah banget kira2 vitamin atau suplemen apa yang bisa membuat anak jadi nafsu makan tanpa mengurangi nafsu untuk minum susu nya tolong ya info nya soalnya anak saya aktif banget tapi badannya kecil tdk gemuk saya jadi kuatir dengan berat badannya tiap bulannya hanya naik sedikit

  89. tipsbayi August 4, 2010 at 2:51 am #

    @ mama ziza,

    Kelebihan asupan vitamin A biasa dikenal dengan Hypervitaminosis A. Gangguan yang timbul antara lain: gangguan liver, rambut rontok, kulit menjadi kering dan memerah, serta untuk jangka panjangnya bisa mengarah kepada osteoporosis.

    Ini biasanya terjadi jika seseorang mengkonsumsi terlalu banyak hati, namun yang paling sering adalah karena konsumsi suplemen vitamin A yang berlebihan.

    Nah, untuk amannya, untuk anak berusia 0-3 tahun, konsumsi vitamin A per harinya maksimal adalah: 600 µg (mikrogram), atau 2000 IU (International Unit).

    Sementara untuk seng (zinc), jika dikonsumsi secara berlebihan bisa mengurangi kinerja zat besi dalam tubuh dan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Tidak jarang orang yang mengkonsumsi kelebihan seng akan mengalami pusing dan mual, hingga muntah-muntah.

    Anjuran konsumsi seng per harinya, untuk bayi usia 0-6 bulan adalah 2 mg, untuk bayi usia 7-12 bulan 3 mg dan untuk anak 1-3 tahun juga sama, 3 mg.

  90. imam August 4, 2010 at 2:20 am #

    informasi yang sangat bermanfaat untuk membuka wawasan bagi orang tua agar bayi bayi kita dapat berkembang dengan baik……

  91. mama ziza August 4, 2010 at 12:13 am #

    saya selalu memberikan vit /suplemen,,,, maaf jd bingung ni apa akibatnya kalo bayi kelebihan Vit a dan Zinc seperti penyataan di atas.. tq

  92. Tiara August 3, 2010 at 2:14 pm #

    Thanks, inf amat membantu. Lebih bagus lagi jika ada tanya jawab online.

  93. Bunda Rajwaa August 3, 2010 at 5:26 am #

    Wah,aku bth bgt tips info ini. Jika anak susah makan baiknya d bri vitamin apa? Anak 8bln apakah baik d beri kapsul omega3 dan propolis?

  94. jeani August 3, 2010 at 5:02 am #

    Dear tips bayi,
    makasih banget tuk artikelnya, sangat menambah wawasan.
    permasalahannya saya adalah ibu yang bekerja dikantoran, saat ini saya memberikan ASI yang dipompa dan dimasukkan ke dlm freezer tuk diberikan kpd bayi saya. sebelumnya, bayi saya sekarang berusia 4 bulan 2 minggu dengan berat 7.6 kg (hasil dari imunisasi tgl 26 juli 2010). selain ASI saya juga memberikan sufor serta bubur susu dengan jadwal yg direkomendasikan IDAI (4-6 bln). yang ingin saya tanyakan bolehkah bayi saya di beri keju atau tambahan lain di bubur susunya, berdasarkan buku resep untuk bubur susu. karena ada penggunaan keju cheddar/parmesan, tofu sutra, gula merah, dll.
    tolong juga dong info dan tips untuk bayi 4-6 bulan terutama bagi ibu2 yang bekerja.
    oh ya tuk informasi tambahan sekarang volume ASI saya mulai berkurang, hanya bisa spare 250mili/ hari. apakah boleh langsung menyusukan bayi setelah kita bepergian lama seperti kekantor karena katanya ASI terebut telah basi dan bisa menyebabkan anak jadi diare?
    tolong dibalas ya……
    info nya ditunggu banget looooh…thanx b4

    bunda farrel :)

Leave a Reply