Tuntunan Membuat Makanan Bayi Sendiri

Ingin membuat makanan bayi sendiri? Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

Bahan Makanan

Jika Anda baru akan memulai memberikan makanan padat kepada bayi Anda, maka mulailah dengan yang sederhana. Selain makanan seperti sereal, makanan padat untuk si kecil bisa berupa pisang atau alpukat yang dihaluskan, puree apel, pir, labu, maupun kentang yang dimasak.

Begitu bayi Anda terlihat menyukai berbagai macam buah dan sayuran, berikutnya Anda bisa memperkenalkan daging sapi, kambing, atau ayam kepadanya. Pastikan Anda tidak membubuhkan garam ke dalam makanan si kecil dan tidak memproses daging dengan cara dipanggang/dibakar. Sebagai variasi, tentu saja Anda bisa mengkombinasikan daging dengan sayuran atau bahkan buah, seperti apel dan pir.

Setelah secara bertahap bayi Anda mulai terbiasa dengan berbagai jenis makanan dan tekstur yang berbeda dan giginya mulai muncul, Anda bisa mencoba memberikan ikan berdaging lembut dan buah-buahan yang agak masam seperti jeruk.

Tips Menyiapkan

Persiapan

Pertama-tama sebaiknya setiap buah Anda kupas kulitnya, sisihkan lemak serta gajih dari daging dan sisihkan juga kulit ayam.

Pengolahan

Untuk pengolahan, bahan makanan bisa Anda kukus, rebus, ataupun dimasak dengan menggunakan microwave.

Selanjutnya, untuk bayi berusia di bawah 8 bulan, Anda bisa membuat bahan-bahan tersebut menjadi puree. Prosesnya bisa menggunakan food processor ataupun blender biasa. Untuk membuat puree lebih halus, Anda boleh saja menambahkan air matang secukupnya.

Untuk bayi berusia lebih dari 8 bulan, daging cukup Anda cincang halus dan bahan makan lain bisa Anda lumatkan/haluskan menggunakan garpu. Jika Anda menggunakan ikan, hati-hati dengan tulangnya ya…

Tips Menyajikan dan Menyimpan

Penyimpanan

Makanan bayi yang sudah dalam bentuk puree, bisa bertahan dalam freezer hingga 30 hari, paling lama. Cara menyimpannya, Anda bisa menggunakan wadah es batu. Sendokkan pure ke dalam kotak-kotak wadah es batu, lalu tutup dengan menggunakan plastic wrap untuk makanan. Simpan dalam freezer.

Atau, Anda bisa juga menggunakan toples plastik/kaca sebagai wadahnya. Puree ini bisa bertahan hingga 2 hari dalam kulkas dan hingga 1 bulan dalam freezer. Jangan lupa untuk memberi label yang berisikan informasi bahan makanan dan tanggal kadaluarsa.

Penyajian

Untuk menyajikan makanan yang telah disimpan dalam kulkas/freezer, sebagian lebih suka untuk memanaskannya di atas kompor. Sebagian lagi menggunakan microwave, dengan menempatkan kubus-kubus puree ke dalam mangkuk kaca atau keramik, lalu memanaskannya. Pastikan Anda mengaduk puree tersebut hingga betul-betul merata, untuk menghindari berkumpulnya panas hanya pada satu titik makanan. Ini bisa membahayakan bayi Anda.

PENTING! Berdasarkan perkembangan terakhir… untuk penyajian, sebaiknya makanan bayi yang sudah dibekukan atau didinginkan tidak dipanaskan, namun cukup direndam di dalam air bersuhu normal. Ini disebabkan bayi dapat memakan makanan bersuhu ruangan normal.

Sebelum disajikan, periksa dulu suhu makanan dengan menggunakan sendok bersih dan uji dengan menggunakan bibir Anda. Jika ada makanan yang tersisa, jangan dimasukkan lagi ke dalam freezer ya…

Baca juga artikel berikut untuk tips serta jadwal pemberian MPASI

Selamat mencoba!

Sudahkah Anda men-download ebook panduan 12 Bulan Pertama? Semua panduan dasar merawat bayi bisa Anda peroleh di dalamnya!

Artikel yang berhubungan:

  1. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Ayam dan Keju
  2. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Daging
  3. Resep Makanan Bayi: Pisang Ambon
  4. Video: Membuat Makanan Bayi

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

337 Responses to Tuntunan Membuat Makanan Bayi Sendiri

  1. Momyroosyid March 25, 2014 at 3:01 pm #

    Mau nanya nih tipsbayi
    Tepung beras homemade paling lama disimpan brp hari ya? Oiya, boleh g sih klo bwt tepung nya pk microwave, ga pakai disangrai gitu? Mpasi beku boleh ga dicairkan pk microwave? Thanks. Salam

    • tips-bayi April 2, 2014 at 9:36 am #

      Momyroosyid,

      Untuk tepung beras buatan sendiri asal penyimpanannya ditempat kedap udara yang rapat bisa tahan berminggu-minggu, tetapi sebaiknya Anda buat jangan terlalu banyak. Anda bisa sediakan tepung untuk persediaan satu atau dua minggu, karena tepung buatan sendiri tidak memakai bahan pengawet perlu lebih fresh biar rasanya terjaga.

      Ganti disangrai dengan microwave bisa dicoba Bun.. tapi harus dilihat kematangannya. Kalau MPASI beku memang bisa dipanaskan dengan microwave akan tetapi berdasarkan perkembangan terakhir… untuk penyajian, sebaiknya makanan bayi yang sudah dibekukan atau didinginkan tidak dipanaskan, namun cukup direndam di dalam air bersuhu normal. Ini disebabkan bayi dapat memakan makanan bersuhu ruangan normal.. ;)

  2. nurhalimah mubarokah February 28, 2014 at 6:09 pm #

    Assalamualaikum,,,, BB sya bernama Raissa umur’a 3,5bulan, sejak umur 2bulan sya memberikan ASI di tambah Susu formula dikarenakan baby kelihatan masih lapar dng ASi yg sya beri&gak mw minum ASI, sya takut BB kekurangan Gizi+cairan jd sya beri sufor jg. bagaimana pendapatnya? apakah yang harus sya lakukan sebaiknya,,, trims :)

    • tips-bayi March 8, 2014 at 9:16 am #

      nurhalimah mubarokah,

      Wa’alaikumussalam..

      Terlihat masih lapar.. Benar Bun, bayi seusia Raissa lambungnya masih kecil, maka akan cepat penuh dan cepat lapar kembali.
      Tetaplah memberikan ASI saja sampai usia 6 bulan, dan melanjutkan pemberiannya disamping pemberian makanan padatnya sampai berusia 2 atau 2,5 tahun..

      Percayalah Bun.. meskipun susu formula sepertinya terlihat bisa mengganti ASI, akan tetapi tetap Susu terbaik untuk bayi Adalah ASI.. Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

      Dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

      Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

      ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditandingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

      Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

      Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya. ;)

  3. Bunda Haya February 28, 2014 at 8:43 am #

    Saya pernah baca utk usia 6 bulan membuat puree apel dengan cara dikukus atau dipanggang terlebih dahulu buahnya baru dipuree. Sedangkan untuk alpukat dan pisang bisa langsung diberikan pada bayi tanpa dimasak. Tips bayi tahukah alasannya? Dan buah apa selain apel yang memang sebaiknya dimasak terlebih dahulu sebelum diberikan? Terimakasih

    • Bunda Haya March 6, 2014 at 1:01 pm #

      Dan kenapa sebaiknya ikan kakap, salmon, tuna dll diberikan setelah 8/9 bulan ya?

      • tips-bayi March 27, 2014 at 3:21 am #

        Bunda Haya,

        Ikan, terutama yang bertulang, dikenal sebagai pencetus alergi pada bayi. Bahkan seringkali dianjurkan untuk memberikan ikan hanya jika bayi berusia 1 tahun. Ada yang menyarankan untuk menunggu hingga usia 3 tahun. Namun ada juga yang menyatakan bahwa ikan aman dikonsumsi bayi berusia 9-10 bulan. Alasan lain menunda pemberian ikan pada bayi adalah kandungan merkuri yang mungkin terdapat pada ikan. Saat pertama kali mengenalkan ikan, penting untuk memilih tipe ikan berdaging putih. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter anak Anda sebelum Anda memberikan ikan, terutama kerang-kerangan.. ;)

    • tips-bayi March 8, 2014 at 7:30 am #

      Bunda Haya,

      Pemberian pada awal-awal takutnya menimbulkan permasalahan disebabkan oleh pencernaan yang belum siap.

      Maka untuk pertama kali kenalkan dengan buah yang tingkat keasaman rendah. Cara mengetahui dengan mudah adalah pilih buah yang manis-manis. Apel yang manis, jeruk yang manis. Jadi dicoba dulu sebelum diberikan pada ibu. Lalu berikan hanya air buahnya saja terlebih .

      Lakukan pengukusan hanya untuk awal-awal saja. Untuk selanjutnya sebaiknya hancurkan saja buah dalam food processor jangan dikukus apalagi direbus. Sebab vitamin B komplek dan C bisa rusak oleh panas.. ;)

  4. nursidah February 19, 2014 at 7:58 am #

    siang Bunda, mohon bantuannya. usia anak saya sekarang 5 bulan 19 hari. sebentar lagi sudah mau mpasi. pertanyaan saya, untuk mpasi awal, makanan apakah yang tepat saya berikan. apakah cukup dengan puree buah dan sayur saja dulu. atau bisa langsung saya berikan bubur beras dan lauknya. terima kasih.

    • tips-bayi February 26, 2014 at 1:59 am #

      nursidah,

      Pagi,

      Sebaiknya MPASI pertama bunda berikan bubur susu tepung beras atau pure buah/ sayuran.

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Bunda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Bunda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Cara membuat pure wortel/ kentang/ apel/ pisang, dll:

      1. Rebus atau kukus kentang atau wortel hingga empuk (apel dan pisang sebaiknya dikukus)
      2. Setelah empuk, angkat dan hancurkan menggunakan sendok atau garpu
      3. Campurkan ASI atau susu formula

      • Resti March 5, 2014 at 3:14 am #

        Tips Bayi, mau nanya nih untk beras yg sudah d rendam kemudian ditiriskan. Btuh wktu brapa lama berasnya ditiriskan? Apakah hrus sampai bnar2 kering dl sebelum d sangray? Kemudian takaran penyajian untuk sekali makan berapa ya Tips? misalnya saya ksih 70g tepung + 30ml asi + air 200ml. Apakah itu takarannya pas?

        Ditunggu jawabannya Tips :)

        • tips-bayi March 25, 2014 at 7:46 am #

          Resti,

          Beras ditiriskan lamanya wajar saja sampai kering, agar ketika disangray prosesnya cepat.
          Untuk takaran air, Bunda bisa memperkirakan.. kalau kira-kira kurang cair bisa ditambah, dan ingat Bun.. apinya jangan terlalu besar, jika air berkurang banyak tapi belum matang tentu airnya bisa ditambah. Sedangkan untuk ASI nya, Bunda campurkan setelah bubur matang dan akan disajikan. Takaran 2 sendok bubur + 1 sendok ASI, cukup bagus Bun.. ;)

  5. Bunda rapka December 20, 2013 at 1:52 pm #

    mau nanya ni, sya pnya anak skrg berusia 3 bln saya mau ngasih tmbahan asi apa boleh ? soalnya anak sya nangis terus . kira kira jenis mknan tmbhan nya apa yg baik untuk byi usia 3 bln ? berupa buah buahan atau berupa mkanan lainnya yg harus sya berikan pertama kali.
    tlong jwbb ya , terimakasih

    • tips-bayi January 7, 2014 at 3:10 am #

      Bunda rapka,

      Maksud Bunda mau memberikan MPASI ya..? Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan
      Jika pada bayi Bunda terdapat tanda-tanda berikut maka sepertinya bayi Bunda sudah siap mendapat MPASI

      1. Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Bunda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      2. Bayi Bunda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Bunda menunda memberikan MPASI kepadanya
      3. Jika bayi Bunda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      4. Bibir bagian bawah bayi ABuga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      5. Usus bayi Bunda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Jika pemberian MAPSI terlalu dini, memang salah satu resikonya adalah susah BAB atau BAB keras..

  6. indah October 23, 2013 at 5:10 am #

    mau tanya ni saya mau memperkenalkan mpasi ke anak saya yg 6 bln,kl bubur beras hitam(bukan bubur ketan hitam ) + sufor boleh gak ya,karna saya jarang mendengar ada yg memberi mpasi bubur bras hitam ?trims

    • tips-bayi October 25, 2013 at 2:34 am #

      indah

      Bubur beras hitam bagus juga diberikan pada bayi karena beras hitam memiliki kandungan serat sekitar 100 kali lipat dari beras putih, dicampur sufor boleh, apalagi kalau dicampur ASI itu lebih bagus lagi Bunda….;-)

  7. lubna October 16, 2013 at 11:43 pm #

    anak saya baru berumur 4 bulan tapi sudah saya kasih MPASI berupa bubur beras dicampur sufor, saya buatnya sekalian untuk makan satu hari, apa itu tidak apa-apa, apa buburnya belum basi kalo untuk satu hari??

    • tips-bayi October 21, 2013 at 7:18 am #

      lubna,

      Bubur susunya bagus dicampur ASI Bun.. ;)
      Disimpan untuk satu hari gak apa-apa.. Bisa juga disimpan di lemari es. Jika akan disajikan bisa Bunda rendam bubur tersebut pada tempat di air panas..

  8. wiwi September 25, 2013 at 1:58 pm #

    mau nanya bu, saya kan penderita tiroid dan harus meminum obat tirak setiap harinya, tp saya tetap memberikan asi kpd bayi saya yang sekarang usianya 6 bulan. apakah berpengaruh untuk kesehatannya di masa yang akan datang?

    • tips-bayi September 28, 2013 at 4:17 am #

      wiwi,

      Insya Alloh tidak apa-apa Bun.. ASI dengan hanya sedikit obat hampir selalu lebih aman daripada sufor. Dengan kata lain, arti kata berhati-hati adalah melanjutkan menyusui, bukan berhenti.
      Konsultasikan saja dengan dokter Bunda jika memang ragu.. ;)

  9. utari September 20, 2013 at 4:34 am #

    saya dengan utari, sebentar lagi anak saya akan diberi mpasi, ada beberapa pertanyaan:

    1. jika akan melakukan perjalanan peralatan apa saja yang harus dipersiapkan agar saya tetap memberikan mpasi buatan saya sendiri?

    2. jika melakukan perjalanan apakah pure buah yang sudah dibekukan bisa saya simpan di coolbox, dapat tahan berapa lama ya?

    terima kasih

    • tips-bayi September 26, 2013 at 2:42 am #

      utari,

      1. Bunda bisa membawa: Susu formula (jika Anda bukan ibu menyusui), botol berisi air matang, makanan bayi yang sudah matang, celemek makan plastik untuk bayi. Untuk lengkapnya bagaimana persiapan bepergian dengan bayi Bunda, bisa baca http://www.tipsbayi.com/bepergian-membawa-bayi-berusia-di-bawah-1-tahun.html

      2. Buah beku di coolbox lumayan lama juga Bun.. bagaimana suhu di perjalanan juga. Sebagai acuannya lihat warna buah dan kekenyalannya, Bunda bisa membedakan jika sudah berubah dan dirasakan buahnya tidak segar lagi.. ;)

  10. Rinjani December 28, 2012 at 1:42 am #

    anak saya sudah mulai dikasi MPASI saya bwt sendiri bubur susu yang dicampur dngan susu formula. kemudian saya simpan sebagian didalam kulkas. apakah langkah ini sudah benar? mengingat bubur susunya saya campur dengan sufor kemudian saya simpan di kulkas. trim’s y…

    • tips-bayi December 28, 2012 at 2:10 am #

      Rinjani,

      Langkah Bunda sudah benar.. Apabila memang hanya untuk jadwal makan ketika sedang ditinggalkan kerja saja tidak berhari-hari atau bermingu-minggu, maka disimpan pada referigerator pun tidak apa-apa kok.. tidak harus di frezer.. Penyimpanan dalam lemari es dengan suhu 0°–3.9° Celsius, makanan mengandung susu akan bertahan selama 2-3 hari asal tidak terkena sentuhan langsung kulit kita..

      Ya kalau susunya dicampur langsung ketika akan menyuapi akan lebih fresh ya.. ;-)

  11. Ling Ling December 12, 2012 at 3:30 pm #

    tipsbaby saya mau nanya, anak saya 6bln minum sufor untuk takaran sufor sehari harus brp cc ya? anak saya udah mulai makan bubur saring dari umur 5bln 3minggu gara2 anak saya ngadet susu, jadwal makannya bubur saring 2x, buah 1x, biskuit ato sereal 1x.. sekarang susu nya sehari cuma 600-700an cc.. sebelum makan makanan padat susunya sehari 900-1000 cc.. tq sebelumnya..

    • tips-bayi December 13, 2012 at 3:36 am #

      Ling Ling,

      Untuk baby Bunda 600-700 cc sudah cukup Bun.. Karena jika sudah mendapatkan MPASI maka minum susunya akan sedikit berkurang, itu NORMAL..

      Jika jatah minum susunya masih ada, bisa Bunda jadikan campuran ke makanannya..

  12. eka setiawati November 29, 2012 at 6:40 am #

    tips, sy mau tanya anak sy sekarang berumur 6 bulan. sudah sy coba berikan MPASI namun ASI masih tetap sy berikan. waktu pertama-tama sy kasih bubur ati ayam wortel yang sy buat sendiri kok BAB anak sy keras sekali sampai nangis dan lecet duburnya kasian liatnya, padahal buburnya sudah sy buat se’encer mungkin. memang dari lahir BAB anak sy 3-4 hari sekali dan sering mengejan klo BAB padahal sy gak pakai tambahan sufor. tips kira-kira makanan apa ya yang harus sy kasih ke baby sy supaya BAB nya tidak keras dan bisa BAB nya bisa lancar tiap hari seperti bayi-bayi yang lain. mohon tipsnya, terima kasih

    • tips-bayi November 30, 2012 at 2:35 am #

      eka setiawati,

      Wah kasihan juga ya Bun.. MPASI bisa juga sebagai penyebab BAB keras.. Maka fariasikan bahan makanannya, bisa Bunda coba dengan bahan dasar lainnya. Perbanyak menu makanan yang mengandung serat. Pilihlah menu dengan buah dan sayuran. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi Bunda dianjurkan 5 porsi kecil setiap hari (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

      Sebaiknya pertahankan pemberian ASI sampai usia 2 atau 2,5 tahun..

      Bunda juga bisa kunjungi :

      http://www.tipsbayi.com/resep-makanan-bayi-pepaya-saring.html

  13. erlin October 8, 2012 at 7:38 am #

    salam kenal ya…anak saya berusia 7 bulan saya mau menayakan jadwla jam makan bayi berusia 7 bulan jam brp saja..dan apakah makan bayi seperti pure aple dan tim bisa disimpan lama jika berpergian dan tidak ditaruh dilemarei es.terima kasih

    • tipsbayi October 9, 2012 at 2:27 am #

      @erlin,

      Untuk jadwal makan, Anda bisa melihat salah satu contohnya di artikel mengenai MPASI. Jika dibawa bepergian dan tidak disimpan dalam box pendingin, sebaiknya kalau sudah lebih dari 2 jam jangan diberikan kepada bayi…

  14. aristi September 17, 2012 at 2:20 pm #

    mlm tips, mau tanya utk air rebusan kacang hijau suda boleh diberikan utk bayi 6 bln blm ya?bagaimana caranya agar rasa rebusan kch hijau tidak terlalu hambar?apakah boleh dicampur dg gula jawa?kalau dicampur dg sufor takarannya bgmn ya agar bayi tidak sembelit.terimakasiiih……

    • tips-bayi September 25, 2012 at 4:26 am #

      @ aristi,

      Siang,

      Rebusan kacang hijau.. boleh.. Campurannya lebih baik ASI atau sufor. Karena dengan gula jawa nantinya akan kemanisan tidak bagus juga.
      Yang tepat rasanya harus mirip ASI. Jadi kalau dicampur sufor harus mirip-mirip jangan kebanyakan juga.. takarannya harus disesuaikan seperti kita buat minumnya.. :-)

  15. bunda Zaa July 15, 2012 at 11:15 pm #

    pagi tips.. mau nanya lagi, kata orang tua kalo bayi usia 6 bulan dikasih air tajin (air rebusan nasi sblm nasi matang) biar bayi sehat. apa pendapat itu benar? dan apa sebaiknya bayi 6 bulan hanya makan pure buah dan sayuran atau sebaiknya sudah diperkenalkan bubur susu?
    jazakillah tips,..

    • tips-bayi July 24, 2012 at 3:40 am #

      @ bunda Zaa,

      Untuk pemberian air tajin boleh-boleh saja setelah bayi Anda siap menerima MPASI, akan tetapi TAJIN, walaupun berasal dari beras, namun karena yang dikonsumsi hanya airnya, nilai gizinya sangat rendah.”Memang ada zat pati dan vitaminnya, tapi sedikit sekali. Kandungan proteinnya pun mungkin tak ada. Jadi bisa dibilang, kandungan kalori air tajin sangat kecil.” Tapi dibandingkan air biasa, air tajin memang lebih bagus, karena di dalamnya terkandung tambahan kalori. Karbohidratnya pun mudah dicerna oleh tubuh.

      Keduanya boleh.. Jadi untuk makanan pertamanya sebaiknya bubur susu atau pure buatan Anda sendiri.. Usahakan rasanya tidak terlalu jauh dari rasa makanan pokok sebelumnya ASI..

      Bubur susu.. Anda bisa membuat bubur susu sendiri dari tepung beras putih/ merah..

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Anda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan.. ;-)
      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

      Cara membuat pure wortel/ kentang/ apel/ pisang, dll:

      1. Rebus atau kukus kentang atau wortel hingga empuk (apel dan pisang sebaiknya dikukus)
      2. Setelah empuk, angkat dan hancurkan menggunakan sendok atau garpu
      3. Campurkan ASI atau susu formula
      Jadi deeeeeeeh… ;-)

      Waiyyakum..

      • maya May 20, 2013 at 6:31 am #

        Dear tips bayi,
        Mw nanya anak sy usiax mau masuk 6bln,pgn kasi Mpasi yg bwt sendiri ni,kalo mau bwt bubur susux apa harus dari beras putih/merah yg di rendam,di tiriskan,di sangrai dan di blend gt?gmn klo buatx dgn beras yg di masak menjadi bubur trus di saring gt,perbedaanx apa?dan sebenarx lbh bagus pake cara yg mana?

        • tips-bayi May 23, 2013 at 3:35 am #

          maya,

          Bahan sama tapi pengolahan berbeda ya..? Jadi hasilnya sedikit banyak ada bedanya Bun.. ;-)
          Dari prosesnya jika: beras putih/merah yg di rendam,di tiriskan,di sangrai dan di blend nantinya akan lebih cepat dalam penyajiannya dan hasilnya lembut tidak perlu lagi penyaringan.
          Jika: beras yg di masak menjadi bubur trus di saring Pembuatannya langsung dari beras dibuat bubur dan disaring, proses penyajian akan sedikit lebih lama dan kandungan airnya sedikit lebih banyak.

          Keduanya bagus.. tinggal Bunda pilih.. Kalau saya pribadi pilih yang pertama.. ;-)

          • maya May 26, 2013 at 11:44 pm #

            Yupp,sy jg udh nyoba cara yg pertama tips,makasi yaa infox :)
            Mw nanya lg ni,jenis sayuran apa sj yg bisa di konsumsi bayi 6bln?
            Trz klo mw bwt tepung dari kacang ijo saat penyajianx d campurin ap,selain susu?apa cukup di campur dgn susu aja?
            Mohon di jawab ya makasiiiii :*

          • tips-bayi May 30, 2013 at 7:27 am #

            maya,

            Semua sayuran sudah boleh Anda berikan, sayuran lima warna, tentunya buah pare tidak ya.. Lima warna.. hijau, kuning, putih, ungu dan coklat.. Dan Anda juga bisa memberikan buah-buahan apa saja yang rasanya manis, tekstur seratnya lembut dan tidak berbau menyengat.

            Untuk campuran kacang hijau cukup susu (bagusnya ASI) karena gula atau garam belum boleh diberikan. Bisa saja Bunda kenalkan makanan rasa baru dengan mencampur berbagai bahan, akan tetapi sebelumnya Bunda coba dulu bagaimana rasanya.. dan coba dulu berikan sedikit pada buah hati Bunda, jangan-jangan karena rasanya rame jadi tidak minat.. ;-)

  16. SiTie Ndut June 14, 2012 at 2:07 am #

    oh iyah, setau saya sayuran hijau tidak boleh dikonsumsi setelah 8 jam(kondisi setelah dimasak)….apakah brokoli termasuk dalam jenis sayuran tersebut?
    trs bagaimana dg wortel, karena setiap hari wortel ada dalam menu makanan anak saya, karena wortel yg saya tau sangat bagus untuk perkembangan otak dan membantu memperjelas penglihatan, karena kandungan beta caroten’y….

    • tips-bayi June 27, 2012 at 4:16 am #

      @ SiTie Ndut,

      Ya benar.. dalam suhu ruang tidak boleh lebih dari 8 jam.. :-)
      Akan tetapi di lemari es bahkan di freezer bisa tahan lebih lama. Hanya saja tetap fresh lebih baik lah.. ;-)

      Semua jenis sayuran 5 warna sangat bagus untuk perkembangan bayi Anda dan penting diberikan pada bayi Anda..

  17. SiTie Ndut June 14, 2012 at 2:02 am #

    waahhhh……ilmuku nambah lagih sbg ibu baru, makasih smuanya….
    meskipun saya sedikit tau tentang gizi, tp saya mgkin tidak menimplementasikannya secara benar.
    sekali lg makasih udh share informasi yg sangat bermanfaat ini

    • tips-bayi June 14, 2012 at 4:32 am #

      @ SiTie Ndut,

      Sama – sama .. ;-)

  18. bunda cinta May 31, 2012 at 5:23 am #

    dear tips..
    apakah boleh makanan sereal seperti havermut atau oatmeal di berikan pada bayi
    umur 7 bulan…
    apakah ada havermut atau oatmeal khusus bayi di jual di pasaran..

    thanks…

    • tips-bayi June 13, 2012 at 2:50 am #

      @ bunda cinta,

      Maaf ni baru bisa dijawab.. ;-)

      Boleh dikasih .. Oatmeal/ overmouth ada juga yang buat bayi Anda bisa cari ko ,, tidak susah..;-)

      • bunda alesha February 8, 2013 at 5:30 am #

        klo oatmeal biasa buat bayi ga boleh ya bund?

        • tips-bayi February 9, 2013 at 3:39 am #

          bunda alesha,

          Boleh dikasih .. Oatmeal/ overmouth alias gandum bisa digunakan sebagai selingan bubur beras bagi bayi. Carilah yang masih original yang harus dimasak dengan api kecil, jangan yang instan.. ;-)

  19. Laksmi May 2, 2012 at 6:44 am #

    Salam kenal tips,
    Anak saya umur 9 Bulan beratnya 7,6 kg, apakah masih batas normal ya?
    Kalau minum susu (ASIP) maksimal cma bisa 90ml sekali minum. Saya tinggal kerja dari jam 8 pagi sampe jam 5 sore hanya ngabisin susu 4 botol @ 70-90ml aja. Tapi kalau minum ASI langsung, bisa banyak. Sudah saya coba beberapa kali ngasi susu 120ml, tp ga pernah abis. Maem buburnya sih banyak. Sehari maem bubur 3 kali, buah/biskuit 1 kali.
    Gimana ya caranya biar si kecil bisa minum susunya lebih dari 90ml?
    Oya, anak saya minum susu soya, karena alergi susu sapi.
    Thank you

    • tips-bayi May 22, 2012 at 2:04 pm #

      @ Laksmi,

      BB bayi Anda termasuk termasuk NORMAL.. karena termasuk 85% BB normal untuk bayi Indonesia..

      Pedoman sederhananya berikan susu pada siang hari sesuai dengan permintaan bayi Anda, selain itu diberikan sesuai dengan jadwalnya yang sudah ditetapkan. Jarak pemberian susu formula kurang lebih 3,5 – 4 jam. Berikan sering bukan banyak..

      Jika setelah lebih dari 6 bulan kebutuhan susu semakin berkurang karena anak sudah mengenal makanan sehingga cukup diberikan 300 – 400 cc per hari..

  20. waty April 17, 2012 at 5:56 pm #

    tips minta tolong nafisa sudah 9bln,tp bobotnya masih kurang baru 6,6kg..trus kok belum numbuh giginy ya?setiap harinya sudah konsumsi nasi tim.gimana caranya biar bisa nambah beratnya?jadwal makanan bayi?dan brp banyak susu yang mesti dikonsumsi nafisa,karena dokternya menyarankan penambahan volume susunya?thx

    • tips-bayi April 21, 2012 at 3:46 am #

      @ waty,

      BB Nafisa segitu memang seperti terlihat kecil.. Tapi BB bayi Anda masih tergolong NORMAL, karena masih 75% BB normal untuk bayi Indonesia. Meskipun terlihat kecil..

      Perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan, termasuk pertumbuhan gigi… ;-)

      Kalau bisa Nafisa setiap waktu mimi susu sekitar 150-180 cc. BILA BERAT BADAN NORMAL DAN JUMLAH MINUM SUSU SIANG HARI BANYAK (120-180) CC TIAP MNUM) SEBAIKNYA MALAM HARI TIDAK MINUM SUSU BILA BERAT BADAN KURANG, MINUM SUSU SIANG SEDIKIT (120 CC TIAP MINUM SUSU), DIANJURKAN MINUM SUSU MALAM HARI 2-3 KALI.. ;-)

      Tapi.. Pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat… Kurus atau gemuk bisa saja turunan lho.. ;-)

  21. Sri Pujiyati April 12, 2012 at 12:30 pm #

    dan telur asin bisa nggak dikasih buat anak sebelas bulan ? terima kasih

  22. Sri Pujiyati April 12, 2012 at 12:26 pm #

    assalamualaikum,wr.wb ,

    menu apa yang pantas buat bayi yang umur nya satu tahun kurang satu bulan , dan apa makanan yang tanpa garam ,? :)

    • tips-bayi April 20, 2012 at 2:00 am #

      @ Sri Pujiyati,

      Sebelumnya tekstur nasi tim? Atau tim saring? Sebaiknya usia segitu tekstur seperti nasi tim.. kecuali memang sebelumnya bayi Anda masih terbiasa dengan tekstur tim saring maka rubahlah tekstur makanannya secara bertahap.. jangan membuat bayi Anda kaget dengan rasa atau tekstur makanan barunya.

      Atau nasi tanak lembek.. Nasi tanak lembek memiliki tekstur yang sangat mirip dengan nasi tim biasa. Hanya saja, nasi tanak biasanya lebih ‘taneg’, lebih pulen dan lebih padat daripada nasi tim. Nasi tanak bisa dibuat dengan cara ‘tradisional’-dengan cara di aron dan dilanjutkan dengan me-liwet atau menanak nasi aron dalam kukusan (langsung, nggak pakai ditaruh di wadah). Atau pakai cara yang paling cangggih… dengan Rice Cooker.. ;-)

      Untuk porsi dan jadwal makan tingkatkan secara bertahap..

      Untuk telur asin.. Meskipun ada yang berpendapat telur asin boleh diberikan hanya yang kuningnya saja, akan tetapi kadar garam dalam telur asin masih cukup tinggi untuk bayi..

      Pertahankanlah untuk tidak memberikan garam, gula atau bumbu sejenisnya pada makanan bayi Anda sampai bayi Anda berusia lebih dari 1 tahun.. itupun pemberiannya tidak boleh berlebihan.. ;-)

      Fungsi ginjal bayi Anda belum cukup matang untuk menyisihkan kelebihan mineral dalam garam dapur. Maka segala jenis menu dengan kandungan garam dapur, apalagi yang berlebihan, sebaiknya dijauhkan dari menu harian bayi Anda.

      Natrium sudah mencukupi dari bukan garam dapur, tubuh memang membutuhkan mineral natrium yang dapat diperoleh dari garam dapur, namun tak perlu mengonsumsi khusus garam dapur jika natrium yang terkandung dalam bahan makanan alami sudah mencukupi..

      Termasuk kecap, kita tahu garam dapur dalam kecap, kendati namanya kecap manis, kandungan garam dapurnya juga melebihi kebutuhan tubuh..

      Benar.. salah satu pengganti garam adalah keju.. silahkan baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/pemberian-keju-untuk-bayi-boleh-tidak.html

  23. Mama jibril March 30, 2012 at 6:40 am #

    Aslkm…..
    Tips, aq mo ikutan nanya donx, boleh kan he he.
    Begini, baby q dr 4bln smpe skrg 9bln kulitnya sering sekali bintik2 merah trs lama2 menghitam & kasar, kering. Biasanya di dada tp hilang dgn sndiri nya, tiap bulan pasti slalu begitu. Skrg udh 9 bln begitu lg..bahkan skrg sampai ke punggung & tangan….
    Itu knp ya tips???apa faktor makanan ato apa??o iya dia ASI, ga mau sufor. Thanx..

    • tips-bayi April 3, 2012 at 2:20 pm #

      @ Mama jibril,

      Wa’alaikumussalam..

      Bagus sekali bayi Anda maunya ASI.. gak mau sufor.. ;-)

      Perlu diperhatikan jika diberi menu atau makanan baru. Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain.. Memang bisa saja bintik-bintik tersebut dari alergi makanan.. Akan tetapi harus diteliti lebih lanjut lagi..

      Bisa juga hanya biang keringat saja.. Jibril tinggal di daerah panas..? Jika Jibril tinggal di daerah panas dan ditambah Jibril aktif.. berarti Jibril jadi sering berkeringat, maka kemungkinan timbul biang keringat akan semakin mudah..

      Biang keringat ini biasa terjadi akibat tersumbatnya kelenjar keringat, jadi solusinya:
      * Mandi secara teratur dan keringkan dengan handuk lembut.
      * Ketika berkeringat, seka badan dengan lap basah dan keringkan kembali dengan handuk kering.
      * Gunakan baju yang berbahan katun dan nyaman dipakai (tidak terlalu sempit), untuk mengurangi panas.
      * Jagalah ventilasi ruangan, agar pertukaran udara berlangsung lancar dan lebih sejuk..

      Jika datang bintik biang keringat, ada beberapa alternatif untuk mengobati biang keringat:

      1. Dengan VCO (Virgin Coconut Oil)
      2. Dengan Minyak Telon (pilih yang kandungan minyak kelapanya 60%, agar tidak terlalu panas)
      3. Bedak Salicyl (bisa dicampur dengan air, seperti bedak dingin)
      4. Bedak tabur

  24. Ummu Hannan March 28, 2012 at 6:50 am #

    Kalo makanan yg sudah di bekukan dan di simpan dalam freezer. Tapi pada saat tertentu di keluarkan di suhu ruang atau di lemari es bagian bawah, terus di bekukan lagi pa boleh? Kan misal freezer nya lagi defrost atau si kulkas lagi di bersihkan gitu, kan makananannya di keluarin. Biasanya saya lakukan itu min 2 kali dalam sepekan. Gimana ya tips?

    • tips-bayi April 2, 2012 at 2:53 am #

      @ Ummu Hannan,

      Hanya sesaat saja kan ketika defrost saja..? Jika makanannya belum mencair lama dan belum tersentuh kulit atau air liur.. Insya Allah masih boleh masuk freezer lagi. Dan ingat.. FIFO ( first in first out ) makanan yang lebih dulu masuk usahakan lebih duluan keluar ya.. ;-)

  25. umi nya aidan February 16, 2012 at 4:50 am #

    Seenang ny menemukan tips ini..benar2 membantu secara ku new mom..tips mau nanya dunk..my baby minum nya masih asi..skr udh mulai mpasi n usia nya 6 bulan..alhamdulillah dr prtma kubiasakan homemade baby food..cm ak bingung ni tips..pingin buat mpasi ny dicampur sufor..krn asi ku sedikit sx kl dipompa..nah takaran buat sufor ???? untk campuran mpasi seberapa ya? secara sufornya hanya untuk cmpuran mpasi ?äª untuk diminum..apa tetap 1 sendok dg 50ml air atau gmn? dan bisa ga bubuk sufor langsung dicampur dimakanan pas mau nyajiin n langsung dicampur air panas..tolong infonya ya tipssss

    • tips-bayi February 23, 2012 at 3:59 am #

      @ umi nya aidan,

      Takarannya sesuaikan dengan rasa yang ingin Anda buat.. atau minat bayi Anda.. atau bisa sesuai jatah susu bayi Anda.. Bisa juga Anda campur bubuk sufor ke makanan ketika sedang masak mendekati matang hanya usahakan larut jangan menggumpal. Tapi yang lebih bagus Anda campurkan ke dalam makanannya ketika akan disajikan yang dilarutkan dengan air panas.. ;-)

  26. cici February 9, 2012 at 2:43 am #

    dear tips,,
    saya selalu membuat bubur tim di pagi hari, setelah dimasak disimpan di dalam majicjar. bubur tersebut disajikan untuk 3 kali makan, yaitu pagi, siang dan malam(sore). apakah cara penyimpanan & penyajian tersebut benar dan tidak menghilangkan nilai gizinya? mohon jawabannya tips.

    • tips-bayi February 14, 2012 at 3:32 am #

      @ cici,

      Untuk waktu yang pendek..cara seperti itu boleh Anda lakukan.. tidak menghilangkan nilai gizinya kok.. ;-)

  27. feni feranica January 29, 2012 at 5:17 am #

    ass wr.wb
    met siang tips bayi saya mau tanya brpa jam ya ASI bs bertahan u/ dikonsumsi(tidak lngsng dimnm) setelah dipanaskan?? apakah sama ketahannya dgn ASI yg blm dipanaskan??

    • tips-bayi February 4, 2012 at 3:04 am #

      @ feni feranica,

      Wa’alaikumussalam Wr. Wb.,

      Siang, Pastikan ASI-nya belum tersentuh lidah, mulut, atau kulit ya.. ;-)
      Berikut menurut dokter anak Utami Roesli:

      Ketahanan ASI:

      * Disimpan di ruang terbuka bisa bertahan enam hingga delapan jam.
      * Di termos yang berisi es bisa bertahan sekitar 24 jam.
      * Disimpan di tempat buah, lemari es, bisa bertahan 2 kali 24 jam.
      * Disimpan di freezer berpintu sama dengan tempat buah, daya tahan ASI mencapai 2 minggu.
      * Disimpan di freezer yang pintunya berbeda dengan tempat buah atau sering disebut lemari es dua pintu, ketahanan ASI mencapai 3 bulan.

      Anda bisa baca artikel terkait di:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

  28. tista mommy ben January 25, 2012 at 7:39 pm #

    Trmksh tips jawabannya, baru nampak di layar nih. Hehehe.
    Beberapa bulan diawal ASI sy deras tips, bahkan sampai tumpah2.
    Sy sdh coba perah dan berikan dibotol. Tp lama2 ASI jd berkurang spertinya tips.
    Sy berikan sufor hny sdikit 1-2 botol perhari @120ml
    Apakah berat badan benben yg subur disebabkan ASI atau sufor tips?

    Tips, sy ada lagi yg mau ditanya…
    Benben baru mulai makan 7januari, tp agak susah makannya ya…
    Awalnya Diksh pisang uwek, pepaya uwek, lalu sy coba pure pir dgn cara dikukus dan diblender, alhamd.lillah dia mau tips, lalu coba dgn tim kentang jg mau… Pastinya dlm jmlh yg blm byk. Lalu coba pure alpukat mentega jg mau… Yg sy bingungkan, esok harinya diberi makanan yg sama sdh tdk mau lagi tips, apa mgkn benben bosan tips? Sy baru memberinya 1X sementara 1X masak bs 2-3porsi makan.
    Sy coba pure apel pir juga tidak mau. Knp ya tips…
    Dan smenjak mulai makan sy mengurangi pemberian susu. Yg awalny sehari 2-3botol skrg mjd satu botol saja selebihnya asi. Tp benben mlh mjd kurus skrg, tips…
    Kebetulan ben sakit2an, panas lah, bab lah, skrg pilek. Kl kata orangtua sdg entengin badan. Sbb ben sdh mulai merangkang tips.
    Apa ada kaitannya satu sama lain tips?
    Trmksh tips

    • tips-bayi February 2, 2012 at 2:35 am #

      @ tista mommy ben,

      Dengan pemberian ASI, Beben beratrnya akan subur tapi tidak berlebih. ;-)
      Sepertinya ASI berkurang karena sering diselingi dengan sufor..

      Ya benar.. memang ada kaitannya satu dengan yang lainnya.. Beben kurusan karena pemasukan menurun akibat dari nafsu makannya kurang karena sakit..
      Dan memang juga jika bayi sudah mendapat MPASI, maka untuk jatah susunya akan berkurang.. tapi jika nafsu minum susunya berkurang jauh, maka Anda bisa campurkan jatah ASI atau sufornya ke dalam MPASI-nya Beben.. ;-)

      Terlihat perkembangan Beben normal ..

  29. tista mommy ben December 31, 2011 at 3:53 pm #

    Salam kenal tips.
    Waah, seneng bgt bisa nemu web ini. Hehehe. Kebetulan anakku seminggu lagi genap 6bulan.

    Sblmnya sy minta ???ƒ krn hrs menguraikan riwayat anak sy. Terlalu panjang smg tips tdk jenuh.
    Begini tips, benben lahir dgn BB cukup besar 3.7kg
    3hari pertamanya dia ga mau nenen dikarenakan puting yg blm keluar. Tapi nangis terus karna haus. Awalnya sy dan suami sepakat utk asi eksklusif, tp karena billyrubbin nya menurun, sy takut dia tmbh malas minum dan beratnya pun turun mjd 3.4kg. makanya sy putuskan utk ksh sufor. Itupun stlh ia menjalani blue light.

    Minumnya kuat bgt tips, makanya selain asi, sy ksh sufor sehari 60ml saja.
    Usia 1bulan BB nya mjd 4.6kg.
    DSA nya bilang ke sy kl benben terlalu gemuk, takut menghambat pertumbuhannya.
    Sy tetap memberi sufor dgn cc yg sama, hny sj bila trpaksa, sehari kdg mjd 120ml.
    Bulan berikutnya BB nya 6.1kg.
    Bulan berikutnya lagi usia 3bulan 7.5kg
    Meski DSA melarang memberi sufor, sy tetap bandel. sy tetap memberi krn saat2 tertentu benben lbh suka nge dot drpd nenen. Sering kali dia ngamuk kl maunya nge dot mlh diksh nenen.
    sy jg mrasa hny sdikit memberi sufor, anak sy lbh byk minum asi. Jd jika anak sy BB nya naik byk, sy mrasa itu krn asi. Entah benar atau tdk. Hehehe.
    Usia 4bulan BB 8.4kg
    Usia 5bulan BB 9.4kg
    Hampir tiap bulan naiknya 1kg

    Meski beratnya melewati standard, benben sgt lincah tips. Bahkan perkembangannya melebihi usia seharusnya mnrt orang tua. Skrg saja sdh tanda2 mau bisa duduk. Mengangkat tubuhnya dgn satu tangan. Mlh sdh jatuh dr tmpt tidur 2X saking lincahnya. Hehehe.
    Bagaimana menurut tips perkembangan benben? Apa mmg salah sy tips hingga beratnya melampaui batas? Sbb 2 bulan terakhir kadang sy beri sufor 120ml 2-3botol setiap hari.

    Terakhir sy ke DSA bertny ttg pola makannya menjelang usia 6bulan, DSA menyarankan sy memberi sufor bangun tidur dan malam saja. Dan tdk memperbolehkan sy memberi asi spjg hari krn sdh diganti oleh MPASI. Atau bs sufor diganti asi. Tp kan tips, asi itu on demand,
    DSA jg melarang sy mencampur susu ke biscuit, bubur susu, nasi tim maupun buah.

    Yg saya bingungkan masalah ASI nya tips. Saya ingin menyusui hingga 2thn. Tp kl hanya bangun tdr dan mlm saja nampaknya benben ga bs tips, apalagi jika sufornya dihentikan. Kdg jika mau tdr, dia lbh suka ngedot drpd nenen.

    Lalu saya harus bgmn tips???
    Saya mohon sarannya…

    Terimakasih byk tips…
    Sy sangat menanti jwbnnya

    • tips-bayi January 6, 2012 at 1:47 am #

      @ tista mommy ben,

      Mohon maaf jika jawaban kami agak telat.. ;-)

      ASI Anda deras..? sepertinya lebih deras lajunya sufor ya..? ;-)
      Dokter Anda benar.. sebaiknya STOP sufornya.. kalau Benben suka ngedot.. sebenarnya Anda bisa memberikan ASI dengan botol, Anda perah dulu.. dan juga dengan begini maka produksi ASI akan tetap banyak.. tetaplah yakin Anda akan bisa memberikan ASI pada Benben sampai 2 tahun.. ;-)

      Perkembangan beben bagus.. sepertinya tidak terganggu dengan BB-nya..

  30. rumondang December 31, 2011 at 2:04 am #

    pure itu bagaimana yaa cara membuatnya ?? seperti apel atau pir apakah mesti direbus dulu ?? apakah gizi nya ga hilang setelah direbus ???

    • tips-bayi January 6, 2012 at 1:14 am #

      @ rumondang,

      Sebaiknya dikukus.. ;-)

      Cara membuat pure wortel/ kentang/ apel/ pisang, dll:

      1. Rebus atau kukus kentang atau wortel hingga empuk (apel dan pisang sebaiknya dikukus)
      2. Setelah empuk, angkat dan hancurkan menggunakan sendok atau garpu
      3. Campurkan ASI atau susu formula
      Jadi deeeeeeeh…

      • Anonymous August 23, 2013 at 7:37 am #

        ??? tanya ni bun, kalok buat MPASI ??ª pakek ASI perlu direbus dulu ?ã?? ASI ??ª ?

        • tips-bayi August 28, 2013 at 4:02 am #

          Anonymous

          Untuk MPASI yang mau dicampur ASI, Anda campurkan ASI nya ketika MPASI sudah siap disajikan.. Tidak harus ikut direbus bersamaan dengan MPASI nya..

          Bagus sekali Bun.. jika terus mempertahankan ASI .. ;-)

  31. mama chyko December 27, 2011 at 8:44 am #

    aku punya anak,,dia baru 5 bulan,,
    pda sat 4 bulan anak saya sudah saya berikan nasi,,
    apa gak apa” tuh…>.???

    • tips-bayi January 3, 2012 at 6:55 am #

      @ mama chyko,

      Hmm.. :-)
      Nasi lembek..? Bayi Anda sehat..? sebaiknya Anda berikan makanannya dengan bertahap. Baik tekstur maupun porsinya. Dari mulai encer, kental, sampai ke padat..

  32. bunda aezy December 25, 2011 at 2:48 pm #

    @AssaLamu aLaikum wr, wb.

    SaLam kenaL tips bayi;-)
    Bunda Aezy, sekarang umurnya 10 bLn, bbnya 9kg, Aezy sejak umur 7 bLn bermasaLah dgn BABnya, dan saya meberikan bubur instan sampai sekarang.
    Yang saya ingin tanyakan menu makan yg sehat dan jadwaL pemberian makannya sesuai umur sekarang . . ?!
    tahank’s ^.~

    • tips-bayi December 30, 2011 at 2:57 am #

      @ bunda aezy,

      Wa’alaikumussalam Wr. Wb.,

      BB Aezy bagus.. bisa dikatakan hampir ideal.. 3 ons lagi ideal.. ;-)
      Hanya sayang ya.. Anda memberikan bubur instan.. :-) Mungkin saja karenanya bermasalah dengan BAB Aezy..

      Untuk jadwal makan.. seperti biasa Anda berikan seperti apa.. kemungkinan itu sudah cocok dengan Aezy.
      Contoh Jadwal Makan Bayi :

      05.00 – 06.00 ASI – SUSU FORMULA (lebih baik ASI)
      08.00 BUBUR / NASI TIM
      11.00 JUICE ATAU BUAH
      13.00 NASI TIM
      15.00 ASI-SUSU FORMULA
      16.00 BISKUIT 1-3 KEPING
      18.00 BUBUR ATAU NASI TIM
      21.00 – 22.00 ASI – SUSU FORMULA
      22.00 – 06.00 BILA BERAT BADAN NORMAL DAN JUMLAH MINUM SUSU SIANG HARI BANYAK SEBAIKNYA MALAM HARI TIDAK MINUM SUSU BILA BERAT BADAN KURANG, MINUM SUSU SIANG SEDIKIT DIANJURKAN MINUM SUSU MALAM HARI 2-3 KALI.. ;-)

      Jangan Anda biasakan memberikan makanan instan. Apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet..

      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

  33. Ratih December 20, 2011 at 8:31 am #

    Tips, sy mau tny. klo bubur tepung beras merah yang sudah dimasak cara penyimpanannya sama g dengan pure buah/ kaldu? apakah bisa disimpan di wadah es batu ddlm freezer? kemudian pd saat akan disajikan tinggal dipanaskan di kompor/ microwave. mksh bnyk y.

    • tips-bayi December 24, 2011 at 2:18 am #

      @ Ratih,

      Ya.. sama.. ;-)

      Hampir semua makanan bayi Anda bisa di simpan dalam kulkas atau juga freezer. Hanya untuk makanan yang mengandung nitrat tinggi saja yang dianjurkan untuk disajikan secara fresh misalnya bayam. Silahkan Anda baca artikelnya:

      http://www.tipsbayi.com/nitrat-dalam-sayuran.html

      Makanan bayi yang sudah dalam bentuk pure (bubur), bisa bertahan 2 hari dalam kulkas dan dalam freezer hingga 30 hari. Cara menyimpannya, Anda bisa menggunakan wadah es batu. Sendokkan pure ke dalam kotak-kotak wadah es batu, lalu tutup dengan menggunakan plastic wrap untuk makanan. Jangan lupa untuk memberi label yang berisikan informasi bahan makanan dan tanggal kadaluarsa.

      Penyajian

      Untuk menyajikan makanan yang telah disimpan dalam kulkas/freezer, Anda tinggal memanaskannya di atas kompor. Jika Anda ingin menggunakan microwave, Anda tinggal menempatkan kubus-kubus pure ke dalam mangkuk kaca atau keramik, lalu memanaskannya. Pastikan Anda mengaduk pure tersebut hingga betul-betul merata, untuk menghindari berkumpulnya panas hanya pada satu titik makanan. Ini bisa membahayakan bayi Anda.

      Sebelum disajikan, periksa dulu suhu makanan dengan menggunakan sendok bersih dan uji dengan menggunakan bibir Anda. Jika ada makanan yang tersisa, jangan dimasukkan lagi ke dalam freezer ya…

  34. rukiah harahap November 1, 2011 at 6:21 pm #

    Ass, tipsbayi. Saya baru mempelajri cara membuat makan untuk bayi saya yang sudah ber usia 8 bulan.artikel yg saya baca pemberian garam pada bayi tidak dianjurkan.kurang lebih 3 minggu ini bayi saya makanannya sudah di campur garam.bayi saya dimomong neneknya karna dari pagi hingga siang saya mengajar.di usia 6bulan saya udh memberi makan dengan cara beras merah diblender jadi tepung kemudian saya gongseng.setiap akan makan beras yang sudah jd tepung trsb saya masak sehingga seperti bubur bayi. sejak usianya 8 bln neneknya memberi makan dengan cara nasi diblenderhalus bersama kuah sayur.nah pertanyaan saya didalam kuah sayur sudah terdapat garam yang kadar garamnya pastilah banyak, apakah cara yg kami lakukan dalam hal penyajian makanan untuk bayi saya ini tidak tepat? dan bagai manakah kadar garam yang harus diberikan? dan mohon bantuannya agar memberikan tips2 dalam penyajian makanan bagi kami yang mengasuh bayi paruh waktu.terimakasih.

    • tips-bayi December 5, 2011 at 2:04 am #

      @ rukiah harahap,

      Pembuatan dan penyajian MPASI sudah bagus.. Anda memberikan MPASI buatan sendiri itu tepat.. Hanya saja memang benar bahwa garam itu sebenarnya belum waktunya diberikan pada bayi Anda.. :-)

      Pertahankanlah untuk tidak memberikan garam atau bumbu sejenisnya pada makanan bayi Anda sampai bayi Anda berusia lebih dari 1 tahun.. itupun pemberiannya tidak boleh berlebihan..

      Fungsi ginjal bayi Anda belum cukup matang untuk menyisihkan kelebihan mineral dalam garam dapur. Maka segala jenis menu dengan kandungan garam dapur, apalagi yang berlebihan, sebaiknya dijauhkan dari menu harian bayi Anda.

      Natrium sudah mencukupi dari bukan garam dapur, tubuh memang membutuhkan mineral natrium yang dapat diperoleh dari garam dapur, namun tak perlu mengonsumsi khusus garam dapur jika natrium yang terkandung dalam bahan makanan alami sudah mencukupi..

      Termasuk kecap, kita tahu garam dapur dalam kecap, kendati namanya kecap manis, kandungan garam dapurnya juga melebihi kebutuhan tubuh..

      Benar.. salah satu pengganti garam adalah keju.. silahkan baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/pemberian-keju-untuk-bayi-boleh-tidak.html

      Bahkan.. mentega atau butter. Di pasaran ada 2 jenis butter, yaitu yang salted (asin) dan unsalted (tawar). JADI.. sebaiknya pilih butter yang unsalted (tawar) saja, lebih aman. Bahkan sering tingkat asinnya itu tidak sama meski merek butter-nya sama..

      Mengasuh paruh waktu.. ;-) Nah pada separuh waktu Anda ketika ada di rumah, sebenarnya Anda bisa sekaligus membuat MPASI untuk bayi Anda lho.. Anda bisa membuat bubur untuk beberapa kali makan. Makanan bayi yang sudah dalam bentuk pure (bubur), bisa bertahan dalam freezer hingga 30 hari, paling lama apalagi cuma sampai sore. Cara menyimpannya, Anda bisa menggunakan wadah es batu. Sendokkan pure ke dalam kotak-kotak wadah es batu, lalu tutup dengan menggunakan plastic wrap untuk makanan. Simpan dalam freezer.

      Atau, Anda bisa juga menggunakan toples plastik/kaca sebagai wadahnya. Pure ini bisa bertahan hingga 2 hari dalam kulkas dan hingga 1 bulan dalam freezer. Jangan lupa untuk memberi label yang berisikan informasi bahan makanan dan tanggal kadaluarsa.

      Penyajian

      Untuk menyajikan makanan yang telah disimpan dalam kulkas/freezer, Anda tinggal memanaskannya di atas kompor. Jika Anda ingin menggunakan microwave, Anda tinggal menempatkan kubus-kubus pure ke dalam mangkuk kaca atau keramik, lalu memanaskannya. Pastikan Anda mengaduk pure tersebut hingga betul-betul merata, untuk menghindari berkumpulnya panas hanya pada satu titik makanan. Ini bisa membahayakan bayi Anda.

      Sebelum disajikan, periksa dulu suhu makanan dengan menggunakan sendok bersih dan uji dengan menggunakan bibir Anda. Jika ada makanan yang tersisa, jangan dimasukkan lagi ke dalam freezer ya…

  35. Siti October 24, 2011 at 5:02 am #

    Anaku bentar lagi MAPSI 8 November 2011… tp sy belum tahu apa apa… anak pertama… sy masih blank… cm tau sereal doang… br sekarang cari cari tau… please help me….

    • tips-bayi November 29, 2011 at 3:40 am #

      @ Siti,

      Untuk resepnya Anda bisa mencoba-coba di:

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

      Untuk jadwal makannya Anda berikan dengan bertahap

      Contoh Jadwal Makan Bayi USIA 6- 8 BULAN :

      05.00 – 06.00 ASI – SUSU FORMULA 150-180 CC (lebih baik ASI)
      08.00 BUBUR SUSU 6-9 SENDOK MAKAN (SDM)
      11.00 JUICE ATAU BUAH 75-125 CC, 6-8 SDM
      13.00 NASI TIM SARING 6-8 SDM
      15.00 ASI-SUSU FORMULA 150-180 CC
      16.00 BISKUIT 1-3 KEPING
      18.00 BUBUR SUSU, USIA 7 BULAN DIGANTI NASI TIM SARING 6-8 SDM
      21.00 – 22.00 ASI – SUSU FORMULA 150-180 CC
      22.00 – 06.00 BILA BERAT BADAN NORMAL DAN JUMLAH MINUM SUSU SIANG HARI BANYAK (120-180) CC TIAP MNUM) SEBAIKNYA MALAM HARI TIDAK MINUM SUSUBILA BERAT BADAN KURANG, MINUM SUSU SIANG SEDIKIT (120 CC TIAP MINUM SUSU), DIANJURKAN MINUM SUSU MALAM HARI 2-3 KALI.. ;-)

      Sebaiknya Anda membuat bubur susu sendiri. Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Jangan Anda biasakan memberikan makanan instan. Apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet..

      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

  36. tipsbayi September 30, 2011 at 2:39 am #

    @dian,

    Benar Bu. Untuk yang dihangatkan hanya bayam saja. Namun, pada dasarnya semua bahan makanan lebih baik tidak dipanaskan berulang kali, karena kandungan gizinya akan menghilang. Untuk keju, boleh saja Bu. Silahkan baca juga:

    http://www.tipsbayi.com/pemberian-keju-untuk-bayi-boleh-tidak.html

  37. dian September 28, 2011 at 8:08 pm #

    satu lagi tips…
    bolehkah keju diberikan pada umur 8bln?

  38. dian September 28, 2011 at 8:04 pm #

    hai tips.,

    saya biasanya membuatkan bubur saring di waktu pagi hari,setelah itu bubur saring tersebut saya simpan di kulkas bawah dan saya bagi menjadi 3 bagian digunakan untuk makan pagi siang dan sore. biasanya saya memberikannya cukup saya taruh di magic jar beberapa menit setelah hangat saya berikan pada bayi.

    apakah proses penyajian yang saya lakukan sudah betul?

    apabila saya sudah mencampur bubur saring dengan telur,sayur,ikan dsb.,bolehkah saya lakukan proses penyajian td?

    selain bayam, bahan makanan apalagi yg tdk boleh dihangatkan?

    tolong sarannya
    trimakasiiihh:)

  39. eni August 24, 2011 at 1:42 am #

    dear tips bayi..
    Apakah bubur susu yg dibuat pagi hari bisa diberikan lagi untuk mkan siang dan sorenya?
    Bagaimana cara penjajiannya.
    Krn sy wanita pekerja bisanya masak pagi aja, untuk siang dan sore agar pengasuhnya jg bs simple dlm penyiapan makannya.
    Tolong infonya.
    Trima kasih

    • tipsbayi September 7, 2011 at 4:30 am #

      @ eni,

      Bisa.. ;-)

      Makanan bayi yang sudah dalam bentuk pure (bubur), bisa bertahan dalam freezer hingga 30 hari, paling lama apalagi cuma sampai sore. Cara menyimpannya, Anda bisa menggunakan wadah es batu. Sendokkan pure ke dalam kotak-kotak wadah es batu, lalu tutup dengan menggunakan plastic wrap untuk makanan. Simpan dalam freezer.

      Atau, Anda bisa juga menggunakan toples plastik/kaca sebagai wadahnya. Pure ini bisa bertahan hingga 2 hari dalam kulkas dan hingga 1 bulan dalam freezer. Jangan lupa untuk memberi label yang berisikan informasi bahan makanan dan tanggal kadaluarsa.

      Penyajian

      Untuk menyajikan makanan yang telah disimpan dalam kulkas/freezer, Anda tinggal memanaskannya di atas kompor. Jika Anda ingin menggunakan microwave, Anda tinggal menempatkan kubus-kubus pure ke dalam mangkuk kaca atau keramik, lalu memanaskannya. Pastikan Anda mengaduk pure tersebut hingga betul-betul merata, untuk menghindari berkumpulnya panas hanya pada satu titik makanan. Ini bisa membahayakan bayi Anda.

      Sebelum disajikan, periksa dulu suhu makanan dengan menggunakan sendok bersih dan uji dengan menggunakan bibir Anda. Jika ada makanan yang tersisa, jangan dimasukkan lagi ke dalam freezer ya… ;-)

  40. bunda aura August 6, 2011 at 8:06 am #

    dear tips bayi,aura berumur 8bln..tp dy blm tumbuh ggi,blm jg bs merangkak,bbnya 7kg
    apa itu normal?thkk

    • tipsbayi August 12, 2011 at 2:14 am #

      @ bunda aura,

      BB Aura masih tergolong normal, karena masih di atas 80% BB normal untuk bayi Indonesia. Jadi masih ada di range NORMAL..

      Belum tumbuh gigi dan belum merangkak..? Anda jangan khawatir.. Perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Termasuk pertumbuhan gigi. Pada setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan gigi yang sama, meskipun kakak beradik sekalipun. Faktor keturunan sangat berpengaruh..

      Anda tidak perlu mencari vitamin agar gigi bayi Anda tumbuh cepat.. Mungkin Anda dan/atau suami Anda pun memiliki sejarah yang sama dengan bayi Anda… :-)

      Apabila pada usia 14 bulan belum ada tanda tumbuh gigi barulah Anda konsultasi dengan dokter ahli gigi..

  41. tika August 2, 2011 at 6:51 am #

    salam kenal tips bayi . . . . . . anakku kembar sekarang usia 9 bln, pada usia 6 bln saya kasih tepung gasol organik dan bab nya keras sampai dia nangis kalau bab, sudah saya kasih buah pure apel tp tetap keras, akhirnya saya stop dulu dan saran dokternya untuk kembali pada sufor tahap 1. pada usia 7 bln saya coba kembali dan Alhamdulillah bab nya sudah mulai lembek, pada usia 8 bl saya berikan kentang, wortel dan brokoli stem dan blender tp agak kasar dan pure buah apel samapai dengan sekarang. jadwal makannya pagi jam 10 dan jam 3 sore. gigi depannya udah tumbuh 2 sejak usia 6 bln. dengan kondisi seperti ini, gimana menurut tips?

    • tipsbayi August 12, 2011 at 2:10 am #

      @ tika,

      Kondisi dan perkembangan bayi Anda NORMAL.. Jadwal makan sudah bagus. Siangnya jadwal makan buah ya..?

      Agar pertumbuhan tulang atau tinggi maupun beratnya tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP..

      Tidak cocok bahan dasar MPASI bisa menyebabkan BAB keras juga..

      Susui terus dengan ASI. Pilihlah menu dengan buah dan sayuran. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan 5 porsi kecil (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah.. ;-)

  42. flani August 1, 2011 at 6:49 am #

    hai..tipsbayi..aku mo tanya donk..soalnya dr awal dibaca artikelnya blm nemu jawabannya hehe.. anakku mulai mpasi umur 6 bulan sampai sekarang umur 9 bulan, buburnya masih aku campur dengan sufor. sebenarnya mulai kapan bayi makan buburnya tanpa dicampur lg dengan sufor? tq yah atas jawabannya..

    • tipsbayi August 2, 2011 at 7:54 am #

      @ flani,

      Hmm.. tidak dicampur ASI..? ;-)

      Mulai dari sekarang bisa Anda fariasikan makanannya. Jika sufor atau ASI tidak dicampurkan pada makanannya, Anda bisa berikan tersendiri..

      Untuk fariasi resep makanan bayi Anda, bisa kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

  43. amih faeyza June 14, 2011 at 2:42 pm #

    dear tips,
    faeyza sekarang umurnya 19 bulan.berat nya 14 kg.susah banget kalo dikasih buah.gimana ya caranya?saya udah berbagai cara tetap aja ga mau..
    makasih ya tips sebelumnya

    • tipsbayi August 2, 2011 at 7:45 am #

      @ amih faeyza,

      Bayi Ada sudah bisa memegang dan sudah mulai belajar mengunyah Anda juga bisa mulai memberikan ‘finger food’ sayuran kukus atau potongan buah, agar terbiasa.. ;-)

      Dan.. agar bayi Anda suka buah.. Selain dengan cara terus DIBIASAKAN, Anda juga bisa membuat fariasi MPASI nya dengan rasa buah

  44. bunda Dyandra May 17, 2011 at 2:51 pm #

    Assalamualaikum Moderator Tips BAyi….

    Anak saya skrg usianya 9 bulan, beratnya cuma 7,5 Kg. Keliahatan tidak montok tp Alhamdulillah perkembangan motoriknya bagus dan skrg lg getol belajar berdiri sendiri.
    Anak saya lebih suka makan bubur yg saya masak sendiri drpd bubur instan. sehari 3 kali makan bubur dan 1 kali selingan buah.
    Anak saya sangat malas minum Sufor (saat ini minum sufor Nutrilon Soya krn dulu di deteksi alergi susu sapi). sehari paling banyak hanya 150 ml sufor. Alhamdulillah ASI nya masih mau. Pemberian sufor pun hrs menggunakan Pipet, krn kl pake dot, sendok, gelas yg ada corongnya semua ga ada yg mempan. pasti lgsg di lepehin.
    Yg ingin saya tanyakan,
    1. knp anak saya malas minum sufor ya? apa krn sufor soya rasanya tdk enak?
    2. apa saya hrs ganti ke sufor sapi? (krn skrg sudah tdk alergi susu sapi lagi).
    3. BB anak saya kurang bgs apa krn malas minum sufornya?
    Mahon penjelasannya ya…
    Terima kasih ya Momod Tips Bayi….

    • tipsbayi May 26, 2011 at 2:15 am #

      @ bunda Dyandra,

      BB Bayi Anda masih cukup.. meskipun terlihat kecil.. Masih 85% berat rata-rata bayi Indonesia. Aktif dan suka makanan buatan Anda sendiri yang terjadwal itu bagus sekali.. pertahankan.. ;-)

      Jika sufornya tidak suka berikan langsung, Anda bisa campurkan pada makanannya..

      1. Malas minum sufor.. bisa benar juga bayi Anda tidak suka dengan rasanya..
      2. Jika memang sudah tidak ada efek alergi susu sapi.. Anda bisa coba dengan sufor sapi.. ;-)
      3. BB tidak ideal.. tapi masih normal, dan bisa saja turunan.. Yang jelas, aktif, perkembangan motorik bagus dan senang makan, itu sudah pertanda bayi Anda sehat..

  45. ummu muthma`innah April 30, 2011 at 2:26 pm #

    Assalamu`alaikum
    salam kenal tips bayi,,,
    mau tanya nich, muthi sekarang umur nya geba 8bulan, tapi koq semakin berkurang ya nafsu makan nya, kalau dulu awal mengenal makanan dia semangat makan nya koq sekarang cuma beberapa sendok setelah itu ga mau makan lagi, kenapa y???? kadang saya sampai frustasi ngasih makan muthi :( mohon solusi nya donk, makasih

    • tipsbayi May 3, 2011 at 1:18 am #

      @ ummu muthma`innah,

      Wa’alaikumussalam, salam kenal kembali..

      Sering kami ulang-ulang.. Selain Anda harus selalu memvariasikan makanan bayi Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan.. ;-)

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda..

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun bayi Anda akan berterima kasih suatu hari nanti!

      Oh ya.. Apakah bayi Anda dalam keadaan sehat..? Tidak rewel..? Bisa saja sedang tidak sehat atau akan tumbuh gigi..

      Yang penting Anda jangan khawatir.. Berikan saja terus ASI.. ;-)

  46. Erny April 29, 2011 at 6:20 am #

    mau tanya… bagaimana sih membuat bubur bayi 7.5bln dengan menggunakan blender biasa, koq saya tidak bisa menggunakannya, hasilnya tidak bisa halus.

    1 lagi pertanyaan saya, bagaimana mengakali agar bayi saya suka buah, karena sampai saat ini anak saya susah kalau diberi buah, diberi makan menggunakan sendok tidak mau, menggunakan dot juga tidak mau.

    trims atas jawabannya

    • tipsbayi May 3, 2011 at 1:10 am #

      @ Erny,

      Sebelum Anda menghaluskan dengan blender, Anda buat bubur dulu sampai matang sempurna.. lalu setelah bubur matang Anda tinggal masukan ke dalam blender, lembutkan sesuai dengan keinginan. Jika bahannya susah hancur seperti jagung atau ikan yang ada duri kecilnya maka untuk memisahkan kulit jagung atau duri ikan, Anda bisa menyaringnya dengan saringan kawat.. ;-)

      Ada baiknya Anda baca artikel- artikel yang berhubungan di:

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

      Agar bayi Anda suka buah.. Selain dengan cara DIBIASAKAN, Anda juga bisa membuat fariasi MPASI nya dengan rasa buah dan Anda juga bisa mulai memberikan ‘finger food’ sayuran atau buah kukus, apabila bayi Ada sudah bisa memegang dan sudah mulai belajar mengunyah.. ;-)

  47. fitri April 27, 2011 at 3:37 am #

    Tips,aq mau nanya pure apa aja yg bisa disimpan di freezer?kalo tim saring/bubur nasi bisa nggak di simpan di suhu ruang untuk sehari full?trus air jeruk sama air tomat bisa tahan berapa lama dalam kulkas?tolong segera dijawab ya tips…makasih..

    • tipsbayi May 3, 2011 at 12:57 am #

      @ fitri,

      Untuk pure.. apa saja bisa Anda simpan di freezer. Hanya untuk makanan yang mengandung nitrat tinggi saja yang dianjurkan untuk disajikan secara fresh misalnya bayam. Silahkan Anda baca artikelnya:

      http://www.tipsbayi.com/nitrat-dalam-sayuran.html

      Air jeruk dan air tomat jangan lebih dari 2 hari Anda simpan di lemari es, karena setelah itu tidak bagus lagi.. Bahkan untuk buah jeruk dan tomat lebih cocok tidak di simpan dalam lemari es, menyimpan di ruang terbuka akan lebih baik.. ;-)

  48. bundanyakhanza April 12, 2011 at 1:21 pm #

    hmmm,,,aqwu selama ini kurang perhatian dengan asupan makanan buat si khanza, karena q pikir dengan ASI semua selesai, jadi q sering ngasih makanan instant, hasilnya sekarang khanza (9M) gag doyan makanan yg gag ada rasa gurihnya,,,aqwuu pengen bgd memulai memberikan makanan homemade tapi aqwu bingung mulai dari apa, soalnya si khanza dah gag mw makan yg hambar,,,dweeh minta masukanya yaaa

    • tipsbayi April 20, 2011 at 4:39 am #

      @ bundanyakhanza,

      Benar.. karena apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

      Anda bisa memulai dengan membuat makanan dengan menu yang tidak kalah dengan menu makanan instan. Anda sudah bisa membubuhkan bumbu masak alami pada makanannya.. Contoh bumbu alami adalah bawang bombai, bawang merah, bawang putih, bawang daun, seledri, salam, serai, daun jeruk, kemangi, lengkuas, kunyit, kencur. Hanya saja untuk ini Anda perlu melihat dan menyesuaikan minat bayi Anda..

      Kalaupun Anda membubuhi makanan bayi Anda dengan bumbu alami jangan sampai terlalu merubah rasa hingga bisa saja bayi Anda malah menolak makanannya.. ;-)

      Untuk rasa gurihnya Anda bisa gunakan air kaldu daging atau ikan.. Untuk mencoba fariasi makanannya bisa Anda kunjungi:

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

  49. dini April 12, 2011 at 6:28 am #

    aku sedang akan penelitian tentang kacang hijau..
    sebenernya klo mw ambil kandungan proteinnya, lebih bagus ambil dagingnya kacang hijau yg direbus atau air rebusannya aja sih.?
    terus kenapa?
    punya literatur tentang itu ga.?
    makasih

    • tipsbayi April 20, 2011 at 3:41 am #

      @ dini,

      Meskipun airnya bagus tapi jelas kacangnya lebih bagus lagi.. Kacang hijau dan kecambahnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

      Nutrisi Penting
      Kacang hijau atau Phaseolus Aureus berasal dari Famili Leguminoseae alias polong-polongan. Kandungan proteinnya cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting, antara lain; kalsium dan fosfor yang sangat diperlukan tubuh. Sedangkan kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh, sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah kelebihan berat badan.

      Protein Tinggi
      Kacang hijau mengandung protein tinggi, sebanyak 24%. Dalam menu masyarakat sehari-hari, kacang-kacangan adalah alternatif sumber protein nabati terbaik. Secara tradisi, ibu-ibu hamil sering dianjurkan mengonsumsi kacang hijau agar bayi yang dilahirkan mempunyai rambut lebat. Pertumbuhan sel-sel tubuh termasuk sel rambut memerlukan gizi yang baik terutama protein, dan karena kacang hijau kaya akan protein maka keinginan untuk mempunyai bayi berambut tebal akan terwujud.

      Kalsium dan fosfor
      Kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang.

      Lemak Rendah
      Sangat baik bagi orang yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi. Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau menyebabkan bahan makanan/minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah tengik. Lemak kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi. Asupan lemak tak jenuh tinggi penting untuk menjaga kesehatan jantung.

      Vitamin B1 (tiamin)

      *Untuk pertumbuhan. Pada awalnya vitamin B1 dikenal sebagai anti beri-beri. Selanjutnya dibuktikan bahwa vitamin B1 juga bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan. Defisiensi vitamin B1 dapat mengganggu proses pencernaan makanan dan selanjutnya dapat berdampak buruk bagi pertumbuhan. Dengan meningkatkan asupan bahan makanan yang banyak mengandung vitamin B1, seperti kacang hijau, hambatan pertumbuhanpun dapat diperbaiki.
      * Meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki saluran pencernaan.
      Secara tak langsung peran ini sangat berkaitan dengan efek perbaikan pertumbuhan badan. Penelitian mengungkapkan bahwa defisiensi vitamin B1 menyebabkan waktu pengosongan lambung dan usus dua kali lebih lambat yang mengindikasikan sulitnya proses pencernaan makanan yang terjadi sehingga kemungkinan makanan tersebut tidak dapat diserap dengan baik.
      * Sumber energi
      Vitamin B1 adalah bagian dari koenzim yang berperan penting dalam oksidasi karbohidrat untuk diubah menjadi energi. Tanpa kehadiran vitamin B1 tubuh akan mengalami kesulitan dalam memecah karbohidrat.
      * Memaksimalkan kerja syaraf
      Tanda-tanda pertama orang yang kekurangan vitamin B1 adalah penurunan kerja syaraf. Kegiatan syaraf terganggu karena oksidasi karbohidrat terhambat. Penelitian pada sekelompok orang yang makanannya kurang cukup mengandung vitamin B1 dalam waktu singkat muncul gejala-gejala mudah tersinggung, tidak mampu memusatkan pikiran, dan kurang bersemangat. Hal ini mirip dengan tanda-tanda orang stress.

      Vitamin B2 (riboflavin)

      *Membantu penyerapan protein di dalam tubuh
      Salah satu teori menyebutkan bahwa vitamin B2 dapat membantu penyerapan protein di dalam tubuh. Kehadiran vitamin B2 akan meningkatkan pemanfaatan protein sehingga penyerapannya menjadi lebih efisien.

      Tidak kalah dengan kacangnya, kecambahnya juga memiliki manfaat seperti:

      *Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mencegah penyebaran sel kanker.
      *Kandungan vitamin E-nya membantu meningkatkan kesuburan.
      *Sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan. karena bersifat alkalis (basa).
      *Untuk kecantikan, yaitu membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan noda-noda hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan melangsingkan tubuh.. ;-)

  50. amihnya faeyza April 11, 2011 at 5:13 am #

    dear tips,
    faeyza sekarang umurnya 17 bulan,susah banget makan buahnya,sewaktu umurnya dibawah 1 tahun suka berbagai buah,sekarang yang dimakannya hanya pisang saja.tips, bagaimana memberikan variasi makan buah buat faeyza.
    Makasih ya sebelumnya..

    • tipsbayi April 16, 2011 at 3:07 am #

      @ amihnya faeyza,

      Faeyza sudah mengerti warna dan bentuk yang menarik.. Maka Anda bisa menyajikan buah dengan penampilan yang lebih menarik lagi agar selera Faeyza bangkit.. Anda padukan warna buah, bentuk potongannya buat lebih menarik dengan bentuk bulata atau apa saja.. Berikan dengan bujukan dan ajak Faeyza komunikasi.. ;-)

  51. niar March 29, 2011 at 12:24 pm #

    tips baby ku mau tanya dong gimana sih caranya bikin bubur tim saring untuk bayi 7 bulan.?terima kasih ya atas jawabannya

    • tipsbayi April 16, 2011 at 3:02 am #

      @ niar,

      Membuat tim.. Anda bisa lihat pada daftar artikel utama, disana akan Anda dapatkan judul-judul artikel tentang Tim untuk bayi 6 bulan. Atau Anda bisa klik kategori makanan bayi yang ada di sebelah kanan tampilan menu utama, Anda akan menemukan bermacam-macam resep tim dan cara membuatnya.. Selamat mencoba.. ;-)

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

  52. fitri March 3, 2011 at 3:43 am #

    Tips…babyq udah mau mulai makanan pertamanya nih..makanan apa ya yang pertama kali q kasih?kirimin aq resep2 buat bikin makanan bayi dong tips?trus aq mau nanya, kan aq ada liat resep yang pake asi/sufor trus sufornya itu ada yang dididihkan,kalo asi perlu nggak dididihkan kayak gitu?katanya asi nggak boleh direbus?thanks ya tips…q tunggu resep2nya ya…

  53. Delis January 3, 2011 at 7:43 am #

    dear tips,,
    anakku 8 bulan sudah keluar gigi 2 bawah,,sudah 2 minggu ini makanannya jarang habis apa mungkin bosan ya,,biasanya pagi2 aku masakin beras merah dicampur ayam/daging plus sayur n sufor,,kublender,,,apa mungkin hambar jadi kurang suka ya,,,kutambah keju ato mentega biar ada rasa bisa tidak?
    sehari makanan menu sama karena aku kerja full time jadi masaknya pagi aja sekalian,,,buat sore kumasukkan kulkas,,,minta tlg dijawab ke emailku yah,,trima kasih

    • tipsbayi March 11, 2011 at 7:51 am #

      @ Delis,

      Memang ada kalanya bayi susah makan atau nafsu makannya menurun.. Maka kita harus jeli dan sabar mencari penyebabnya.. ;-)
      Bisa sedang tumbuh gigi, kondisi kesehatan kurang baik, atau bosan..

      Maka selain Anda harus selalu memvariasikan makanan bayi Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda..

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikitsedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun bayi Anda akan berterima kasih suatu hari nanti!

      Anda sudah boleh membubuhkan keju atau margarine pada makanan bayi Anda, silahkan baca artikel terkait di:

      http://www.tipsbayi.com/pemberian-keju-untuk-bayi-boleh-tidak-html.

  54. ummu irbath November 21, 2010 at 3:52 pm #

    masya Alloh,KERREENN tips2nya!
    anaku 8bln,adh tak ksih maem yg home made tp koq malah BBnya turun y?mohon jwbnnya.trus gmn cr naikan BB?

    • tipsbayi December 1, 2010 at 4:33 am #

      @ ummu irbath,

      Alhamdulillah.. ;-)
      Bagus sekali Anda memberikan Irbath makanan buatan Anda sendiri..
      Pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat. Secara umum pertambahan BB dapat dikategorikan dalam hitungan sebagai berikut:

      * Triwulan pertama : 600- 1200 gram per bulan

      * Triwulan kedua : 500-600 gram per bulan

      * Triwulan ketiga : 350-450 gram per bulan

      * Triwulan keempat : 150-250 gram per bulan

      Untuk memastikan apakah bayi Anda masih dalam kategori normal, kurang atau berlebih, Anda dapat mengecek atau membandingkannya melalui kurva Lubchenko yang terdapat pada buku pantau tumbuh-kembang bayi atau KMS (Kartu Menuju Sehat) dari Puskesmas atau Rumah Sakit. Nah, berdasarkan kurva tersebut, parameter untuk mengetahui pertumbuhan bayi tidak hanya dilihat dari pertambahan BB, tapi juga tinggi badan dan ukuran lingkar kepala..

      Agar berat badan bayi Anda tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.. Pertahankan pemberian ASI.. ;-)

      Untuk mendorong bayi Anda makan makanan yang bervariasi, Anda bisa mencoba:

      • Membuat makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      • Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      • Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      • Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikitsedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun bayi Anda akan berterima kasih suatu hari nanti!

  55. Julie November 5, 2010 at 8:34 am #

    Tips,

    Anak saya sdh baru saja berumur 7bln, saat umur 6 bln diberi MPASI bubur instant goodmil (karena alergi susu sapi) samoai sekarang, saya khawatir coba-coba yg lain, yg mau tanya saya tanyakan :
    1. Makanan bayi jenis apa yg boleh disimpan di freezer? Dan tahan berapa lama? Karena di artikel ini hanya dituliskan makanan jenis puree bisa tahan 30 hr di freezer, sedangkan bagaimana dgn bubur tim saring? Atau nasi tim (bila anak saya sdh lbh besar umurnya) Karena saya adalah pekerja swasta di Jkt, jadi pagi-pagi sdh harus keluar dari rumah ( tipikal pekerja Jkt..pagi-pagi sdh berangkat kerja agar tidak terlambat masuk karena macet..)
    2. Jenis makanan apa saja yg sebaikanya dihindari untuk alergi susu sapi?
    3. Misalnya resep makanan yg pakai tepung beras, boleh pakai tepung beras instant atau harus buat sendiri ? Lalu maksudnya tepung beras itu khusus untuk bayi atau tepung beras spt segitiga biru begitu ?
    4. Bila MPASI yg pengolahannya sdh dicampur dengan sufor , bisa tidak disimpan di freezer? Atau hanya MPASI yg pengolahannya pakai kaldu/air saja yg boleh?
    5. Buah yg dimaksud itu jus buah? Atau buah potong, tapi dipotong kecil-kecil?
    6. Anak saya sekarang susah sekali diberi minum sufor, tidak dengan saya jg dengan susternya sama saja, bagaimana mengatasinya? Sedangkan di artikel ini dituliskan min 4x susu, dimana saat ini anak saya paling bagus 4x120cc dan itu hanya dapat diberi waktu dia setengah tertidur, bila tidak setengah tertidur,dia tidak mau minum, kecuali minum susu dengan sendok
    7. Boleh tidak memberi susu dengan penyajian pakai sendok? Karena saya lihat teman-teman saya ada yg spt itu, sedangkan ada jg yg bilang tidak baik, bagaimana ini?
    8. Sejak lahir, anak saya selalu terbiasa minum ‘nyicil’, jadi 120cc bisa diminum 3-4kali selama 2jam, sebenarnya boleh tidak ya? Akhirnya susunya sering dingin
    9. Apakah peralatan makan perlu disteril jg?
    10. Jus buah apa yg sdh dibolehkan untuk bayi 7 bln? Kalau apel, apakah harus apel fuji? Bagaimana dgn Apel manalagi? Pir jg harus pir hijau?

    Banyak jg pertanyaan saya, haha…mohon diberi petunjuk,karena saya ibu baru yang bekerja di luar dan juga tidak bisa masak (tapi saya mau berusaha untuk anak saya.. ) =) terima kasih

    • tipsbayi November 13, 2010 at 1:27 am #

      @ Julie,

      1. Hampir semua makanan bayi Anda bisa di simpan dalam freezer. Hanya untuk makanan yang mengandung nitrat tinggi saja yang dianjurkan untuk disajikan secara fresh misalnya bayam. Silahkan Anda baca artikelnya:

      http://www.tipsbayi.com/nitrat-dalam-sayuran.html

      2. Yang harus dihindari adalah produk turunan dari susu sapi seperti yoghurt, keju dan makanan yang mengandung dominan susu sapi. Kasus alergi susu umumnya akan hilang saat anak berusia satu tahun ke atas atau sudah berusia 15 tahun. Menurut data, sebanyak 56 persen bayi yang se belumnya menderita alergi susu, sudah menjadi toleran ketika berumur satu tahun. Sedangkan pada umur 15 tahun, 95 persen anak sudah tidak menderita alergi susu lagi.. ;-)

      Saran kami untuk mengantisipasi alergi, untuk sementara hidari saja dulu perkiraan pencetus alerginya (ganti sufornya atau berikan ASI saja)..

      3. Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Tepung beras putih yg dijual dipasaran yang biasanya untuk buat kue bisa saja Anda gunakan sebagai bahan makanan bayi Anda. Akan tetapi tepung itu masih mentah kan? Jadi proses pembuatannya harus agak lama agar benar-benar matang. Hati-hati pemberian makanan yang kurang matang bisa menyebabkan BAB keras juga.., makanya berasnya disangrai terlebih dahulu.. ;-)

      4. Bisa Anda simpan di freezer.. bahkan ASI bisa di simpan di dalam freezer..

      5. Jus Buah, perasan buah, kerokan buah atau buah potongan apabila bayi Anda sudah mulai belajar mengunyah

      6. Memang adakalanya bayi berkurang minat minum susunya, itu bisa disebabkan karena bayi Anda sudah merasa cukup dengan MPASI yang Anda berikan. Maka Anda bisa mensiasatinya dengan membubuhkan lebih sufornya pada MPASI yang Anda buat sebagai pengganti jatah minum susunya yang kurang..

      7. Memberikan susu dengan sendok boleh jika bayi Anda tidak mau dengan botol atau bingung puting.. Atau pada masa transisi dari botol susu ke gelas sippy cup sebelum ke belajar minum langsung dengan gelas

      8. Minum nyicil boleh.. bahkan salah satu trik untuk menghindari gumoh adalah minum sedikit tapi sering..

      9. Perlu sterilisasi meskipun dengan cara sederhana

      10. Anda bisa memberikan buah apa saja asal yang rasanya manis, teksturnya lembut dan tidak berbau menyengat. Apel asal manis boleh, pir asal matang, manis dan lembut boleh..

      Bagus sekali disela-sela kesibukan, Anda masih bisa mempertahankan pemberian MPASI buatan sendiri, mohon maaf jawabannya agak telat.. ;-)

  56. Amih Faeyza October 21, 2010 at 6:03 am #

    Dear Tips,
    Faeyza sekarang 11 bulan, berat badannya 10kg.Makannya saya kasih dia bubur lembek/nasi lembek dengan sayuran.sayangnya sekarang dia mulai gak mau makan buah jd diselingan waktu makannya sukanya makan biskuit langsung yang mau ditanyakan :
    1. Bagaimana memvariasikan buah sehingga dia mau makan buah
    2. kalau jam bangunnya jam 5 pagi dikasih makan pagi jam 6 boleh?karena kalau jam 8 biasanya dia mau tidur sehingga berbarengan dengan waktu makan.jadi bagaimana mengatasi pola jam makan jika berbarengan dengan waktu tidur
    Makasih ya Tips…ditunggu jawabannya karena sangat membantu sekali..

    • tipsbayi October 26, 2010 at 3:16 am #

      @ Amih Faeyza,

      1. Sebenarnya dari awal Anda bisa mulai memperkenalkan menu buah, yaitu dengan memberikan MPASI pure buah (susu campurannya bisa ASI atau sufor). Karena Faeyza sudah 11 bulan, maka bisa dibiasakan dengan buah-buahan segar. Anda bisa memberikan semua buah-buahan yang rasanya manis dan teksturnya lembut yang tidak berbau menyengat..

      2. Boleh saja.. :-) Biasakan memberikan sesuai jadwal.. Apabila sudah jadwal makan, bayi Anda bisa dibangunkan perlahan.. Pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

  57. mommy bobby October 19, 2010 at 12:38 pm #

    Assalamualaikum tips bayi, aq baru gabung nih,……wah banyak info ya, sekalian mo nanya nih, untuk meningkatkan nafsu makan bayi resepnya apa ya, si kecil skrg 11 bln, ada 2 mgg ini makannya sulit banget,…tolong resepnya ya…

    • tipsbayi October 26, 2010 at 4:23 am #

      @ mommy bobby,

      Wa’alaikum salam,
      Selamat bergabung untuk Anda.. ;-)

      Adakalanya bayi tidak ada atau berkurang nafsu makannya. Selain Anda harusmemvariasikan makanannya, Anda juga harus mencari PENYEBABNYA..

      Bisa saja sedang kurang sehat, atau mau tumbuh gigi..

      Untuk menambah nafsu makan bayi Anda, Anda bisa mencoba memberikan air rebusan kacang hijau..

      Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda.. :-)

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      Untuk resep MPASI-nya, silahkan saja Anda kunjungi:

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

  58. tumpaledison October 13, 2010 at 8:42 am #

    terima kasih atas tips resep bayi.

  59. tumpaledison October 13, 2010 at 8:40 am #

    thanks ya atas tips resep bayinya ok

  60. Jenny October 8, 2010 at 7:21 am #

    Assalamualaikum,wr,wb,,
    hai tips bayi,makasih banyak ya,,masukanya saya dari hamil sampai anak saya beumur 1tahun,,saya sudah follow tips ini.
    tips,,saya minta tolong donk,,di kirimin resep makanan untuk anak 1 tahun,,karena kadang bingung mau bikin menu apa setiap hari,,terima kasih,

    • tipsbayi October 21, 2010 at 4:37 am #

      @ Jenny,

      Wa’alaikum salam Wr., Wb.
      Wah.. terima kasih atas kesetiaan Anda aktif pada situs ini.. ;-)

      Hmm.. Untuk resep anak satu tahun.. Mudah-mudahan tidak lama lagi akan kami susun artikelnya.. Sabar ya.. ;-)

  61. marine October 6, 2010 at 6:47 am #

    makasih ya Tips… :) I’m still trying.. justru gara2 stres, ASI jd berkurang, kapsul penambah ASI gitu sebenernya perlu nggak sih? kalo memang terbukti manjur ya ngga papa, saya ngga mau jadi korban iklan aja.. hehehe..
    dear Tips..sebenernya untuk bayi 10 bln jatah makan dan minumnya brp (diluar ASI, krn ASI nggak bisa diukur ya?) minta tolong dong buatkan contoh menu sekali makan, nasi brp sendok, lauknya brp iris, sayur brp sendok. jgn pakai ukuran gram ya krn saya nggak pernah nimbang,.. :) ukuran sdm/sdt aja. Sementara sufor menurut DSA kebutuhannya sehari 700ml diluar ASI.. benarkah? mungkin DSA melihat graffik BBnya turun jd merasa perlu digenjot dg susu, padahal susu kalori tinggi hanya untuk bayi diatas 1 thn… makasih Tips bantuannya…:) Love you all :)

  62. tipsbayi October 6, 2010 at 4:00 am #

    @ marine,

    Hmm.. Bismillah.. Sekarang Anda coba berikan kembali dot yang lama, ketika Anda pertama memberikan susu dengan dot.. Mudah-mudahan bayi Anda mau..

    Atau coba cari sekali lagi dot yang cocok. Cari yang berbahan paling lembut.. Jika sudah ada yang dirasa pas oleh bayi Anda, beli beberapa buah. Agar tidak terjadi penolakan kembali. Beberapa bayi menolak jika dotnya diganti karena sudah empuk, enak, atau alasan apapun..

    Bila jatah muinum sufornya kurang, maka sebenarnya bisa Anda berikan dengan cara mencampurkan pada makanannya..

    Dan ingat, setelah lebih dari 6 bulan kebutuhan susu semakin berkurang karena anak sudah mengenal makanan ..

    Satu lagi.. Apakah ASI Anda masih berlimpah? Kami sarankan susui bayi Anda dengan ASI saja, Jadi hanya ASI dan MPASI.. Gimana? ;-)

  63. marine October 5, 2010 at 8:48 am #

    alhamdulillah, makasih tips solusinya.. bismillaah… semoga kali ini berhasil.. semangat! :) Tips dear, jgn bosen ya sy mintain saran.. krn forum ini sangat educated dan professional, I know I can count on you.. :) trus gmn ya spy dia mau minum dot lg? sy smpe sedih dan patah hati kalo liat bayi lain minum dot banyak, apalagi bayi sy jg sampe bulan lalu masih jago minum susu, skg minumin 60cc aja susahnya setengah mati.. sy udah ganti segala macam merk silicon nipple, dg harapan ada yg cocok, tp belum berhasil.. rasanya segala usaha sdh dimaksimalkan, apa yg terlewatkan ya.. semoga kali ini ada pencerahan… syukron katsiron…

  64. tipsbayi October 5, 2010 at 4:00 am #

    @ marine,

    Jangan terlalu khawatir; hampir semua bayi melewati masa rewel makan tersebut, jadi yang terpenting adalah dia tetap mendapat variasi lebih banyak dalam menu pemberian makanan tambahannya untuk mendapat semua manfaat yang dibutuhkannya.

    Untuk Menambah nafsu makan,Anda bisa mencoba memberikan “Air Rebusan Kacang Hijau”.. Mudah-mudahan bisa berhasil..

    Untuk mendorong anak Anda makan makanan yang bervariasi, Anda bisa mencoba:

    • Membuat makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

    • Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

    • Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

    • Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikitsedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun bayi Anda akan berterima kasih suatu hari nanti! ;-)

  65. marine October 4, 2010 at 6:51 am #

    makasih tipsbayi… tapi.. adakah jwbn selain tsb diatas? krn udah baca di postingan terdahulu, bhkan sdh sy praktekkan sejak bayi umur 6 bln, berhasil memang dg teratur jdwal makan dan memvariasikan makanannya. tp sepulang lebaran dia jd berubah total, ada yg blg krn perubahan suasana di rmh lain bs merubah mood dan selera mknnya, tp knp sulit balik lg ya.. :( sy sempat curiga krn mau tumbuh gigi jd buburnya dibikin halus, tp nggak mau jg.. :( sy bikin agak kasar mlh mau, tp cuma 3 suap… :( periksa ke dokter gak ada penyakit apa2 pd pencernaannya.. hheuheuu… harus gmn lg.. lbh parah lg sufornya.. krn botol gak mau udah sy coba pake sippy cup pigeon, cuma dimain-mainin… :( pake sedotan dia suka tp kalo air putih… sufornya jd dibuang2 deh.. krn nunggu dia mau minum 2jam udah basi.. sy bener2 udah keabisan semua ide.. semua buku dan pendapat ibu2 udah sy coba, tp sy blm berani dg perasan daun pepaya untuk menambah nafsu mkn, takut kyk dicekoki mlh bikin trauma… please help…. i really dont know what to do.. makasih sebelumnya

  66. tipsbayi October 4, 2010 at 5:54 am #

    @ marine,

    Wa’alaikum salam,

    Bagus bayi Anda masih suka ASI..

    Adakalanya bayi tidak ada atau berkurang nafsu makannya. Selain Anda harus memvariasikan makanannya, Anda juga harus mencari PENYEBABNYA..

    Bisa saja sedang kurang sehat, ada yang tidak enak yang dirasakannya atau mau tumbuh gigi..

    Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

    * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

    * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

    * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

    * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda.. :-)

    * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

    Dan.. Anda sebenarnya bisa mulai memperkenalkan gelas sippy cup kepada bayi Anda..

    Sippy cup adalah gelas, yang ujung atasnya berbentuk seperti ujung seruling / flute, jadi cairan keluar lebih banyak daripada dot yang hanya satu lubang kecil sekali. Lubang sippy cup ada yang berbentuk beberapa lubang kecil, ada juga yang bentuknya lubang lurus. Jika ingin tahu gambarnya, coba deh search gambar dan tuliskan ’sippy cup’.

    Tahap berikutnya, paling lambat 1 tahun, anak bisa diperkenalkan dengan gelas bersedotan. Awalnya tentu sedotannya kecil saja (biasanya sudah menempel di gelas). Nah, sekitar 1 tahunan, anak sudah bisa belajar menggunakan gelas untuk minum. Tentu saja jangan diharapkan anak langsung bisa minum dengan rapih, kemungkinan masih tumpah-tumpah. Tapi justru dari pelajaran ini anak akan bisa berusaha untuk mengatur kemiringan gelas (kemampuan motorik halusnya terasah), dan akhirnya bisa minum dengan rapih.. ;-)

  67. tipsbayi October 4, 2010 at 2:45 am #

    @ Alita,

    Makannya kuat..? Bagus tuh.. ;-)
    Hanya saja Anda tinggal mengarahkan dengan membuat jadwal yang terartur..
    Anda bisa mengetahuinya dengan jelas pada link berikut :

    http://www.tipsbayi.com/index.php/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan

  68. marine September 30, 2010 at 9:33 am #

    asslmkm. tipsbayi, dulu wkt sy stress bayi gak mau ASi krn bingung puting, saranmu manjur bgt, it works! makasih bgt ya.. :) Nah skg masalahnya justru sebaliknya, bayi sy udah 10 bln, sejak 2 bln lalu udah sy tambah susu formula dan bubur -ASI tetep- tp sejak pulang mudik lebaran yg biasanya gampang maem dan minum susu skg jd menolak sama sekali, maunya cuma ASI, pdhl abis ngenen dia msh nangis laper, akibatnya BBnya turun drastis, dan gak gt lincah… duh kok jd “bingung dot”. kalo disendokin, lama, dia jd rewel gak betah dan bosan. pdhl dulu 150cc cuma semenit lgs abis,maem jg cepet, skg gak ada yg mau masuk kecuali ASI.. tolong ya tipsbayi.. help me this time..

  69. Alita September 29, 2010 at 11:15 am #

    dear tips;saya mau tanya apa wajar kalo bayi 6bln makan biskuit en bubur sehari 3 kali.dan susu nya kalo siang 3-4kali apa itu berlebihan anak nya makan nya kuat bgt.terima kasih,

  70. tipsbayi September 28, 2010 at 2:37 am #

    @ santy andriany,

    Baiklah, ada baiknya Anda mengetahui tahapan pengenalan MPASI:

    1. Mulai usia 6 bulan

    * Tekstur makanan : semi cair.
    * Mulailah dengan makanan lunak seperti biscuit yang diencerkan pakai air atau susu. Kenalkan pula bubur susu dalam jumlah sedikit demi sedikit. Bubur susu sebaiknya dibuat sendiri dari tepung beras yang dicampur dengan ASI atau susu formula. Untuk pengenalan rasa, selingi dengan tepung beras merah, kacang hijau, atau labu kuning.
    * Mulai pemberian sayuran yang dijus, kemudian buah yang dhaluskan atau di jus. Sayur dan buah yang disarankan yaitu: zicchini, pisang, pir, alpukat, jeruk.
    * Pemberian ASI atau susu formula di selang seling waktu makan utama.

    2. Mulai usia 7 bulan

    * Perkenalkan dengan tekstur yang lebih kasar (semi padat) yaitu bubur tim saring. Coba terus seandainya bayi menolak atau muntah karena tahapan ini harus dilaluinya.Jika tidak nanti bayi akan malas mengunyah.
    * Perhatikan asupan zat besi seperti hati sapi karena di usia ini cadangan zat besi bayi mulai berkurang.
    * Setelah secara bertahap pemberian tim saring, bayi bisa dikenalkan dengan nasi tim tanpa disaring.
    * Jenis sayur dan buah yang disarankan: asparagus, wortel, bayam, sawi, bit, lobak, kol, mangga, blewah, timun suri, peach.
    * Bisa juga ditambahkan ayam, sapi, hati ayam/sapi, tahu, tempe.

    3. Mulai usia 9 bulan

    * Mulai dikenalkan dengan bubur beras atau nasi lembek, lauk pauk dengan sayuran seperti sup.

    4. Pada usia lebih dari 1 tahun, anak sudah bisa mengkonsumsi makanan keluarga.

    Baca juga: http://www.tipsbayi.com/index.php/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan

  71. tipsbayi September 28, 2010 at 2:33 am #

    @ Hikmah Ratih,

    Apabila kesehatan Anda baik-baik saja, tidak pusing dan lemas, atau tidak menunjukkan tanda malnutrisi lain, tidak ada salahnya untuk menyusui saat hamil. Meski ini bukan kondisi ideal untuk hamil.. ;-)

    Yang penting jagalah nutrisi Anda atur juga waktu istirahat agar kondisi selalu fit.., sepanjang tidak terjadi kontraksi pada kandungan Anda, itu baik-baik saja. Akan tetapi begitu ada tanda-tanda konstraksi harus dihentikan.

  72. santy andriany September 23, 2010 at 6:15 am #

    ass.wr.wb….
    mau tanya umur berapa bulan sih bayi boleh dikasih bubur nasi dan nasi tim…anakku sekarang berumur 8 bulan 2 minggu..sepertinya anakku sudah bosen klo dikasih bubur saring apakah sudah boleh dikasih bubur nasi atau makanan yang bertekstur agak kasar???tapi bayikku belum punya gigi…

  73. Hikmah Ratih September 23, 2010 at 4:44 am #

    Alhamdulillah… ga sengaja nyasar ketempat yang benar he…
    mau tanya nie? sebenernya boleh ga sih ibu yang sedang mengandung tetap menyusui banyinya, misalnya anak pertama umur 6 bulan eh…ternyata si ibu sudah hamil lagi. tq y sblmnya…

  74. tipsbayi August 20, 2010 at 1:41 pm #

    @ mama rafie,

    Wa’alaikumsalaam. Selamat berpuasa juga :)

    Untuk masalah MPASI, coba deh Anda baca artikel:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan

    Mengenai kebutuhan susu, untuk 10 kg pertama berat badan bayi, kebutuhan cairan adalah 100ml / kgBB / 24 jam. Jadi, kalau BB Rafie misalnya 8,4 kg, berarti kebutuhan cairan dalam 1 hari adalah 840ml.

    Yang perlu diperhatikan juga, berilah ASI/sufor setiap kali bayi Anda lapar. Artinya, kalau bayi Anda meminta susu di luar jadwal rutinnya, ya berikan saja.

    Mengenai muntah, kalau terjadinya tidak lama setelah waktu makannya, ya tentu saja kandungan makanannya juga ikut keluar lagi, karena belum sempat terserap oleh tubuhnya.

  75. mama rafie August 19, 2010 at 8:24 am #

    Assalamualaikum Tips,
    selamat menunaikan puasa.

    Tips, saya agak sedikit khawatir karena rafie semenjak mengenal MPASI buatan mamanya, dia jadi sangat kurang minum susunya. siang hanya minum sufor 120ml dan sore 120ml di sela 2 kali makan buburnya.
    karena kayaknya rafie sudah sangat kekenyangan makan bubur blendernya.
    saya sudah coba untuk mengurangi jumlah bubur blendernya, agar konsumsi susunya nambah, tapi karena sudah biasa makan banyak, jadi waktu dikasih makan sedikit, Rafie masih ngangap mau nambah saja.
    kan anak 8 bulan masih harus minum susu yang banyak ya?
    kalau malam sebelum tidur, minum sufor lagi sekitar 200ml, tapi kalau tengah malem laper saya kasih asi dan bangun tidur juga jatahnya minum asi.
    satu lagi tips, kalau rafie muntah sesudah makan, apakah vitamin2 yang didapat dari makanannya tadi ikut hilang bersama muntahannnya?
    makasih sebelumnya

  76. tipsbayi August 19, 2010 at 3:12 am #

    @ Amih Fardhan,

    Sebaiknya jangan dibiasakan, alihkan saja dengan bujukan. Air putih tentu saja boleh dan bagus untuknya. Kebutuhannya adalah sebanyak yang dia inginkan.

  77. Amih Fardhan August 18, 2010 at 2:37 pm #

    thanks to jawabannya
    mo nanya lagi, fardhan (7,5 bln) lebih suka makanan yg dingin (dari lemari es), apa itu ga pa2, apa tidak bikin pilek / batuk dan di usia segitu apa boleh diberikan air putih? thanks ya..

  78. Nauli Siregar August 14, 2010 at 3:45 am #

    Aq gak mau nanya, cuma mao bilang : SITUS INI JEMPOLAN !!!
    Thanks yach sudah ada buat ibu-ibu kayak qta…yang haus informasi dan mau berusaha memberikan yang terbaik untuk buah hati
    BRAVO !!!

  79. tipsbayi August 13, 2010 at 5:00 am #

    @ Amih Fardhan,

    Sari kurma boleh saja dicoba, tapi untuk madu, sebaiknya nanti setelah bayi Anda berusia 1 tahun, karena ada kandungan madu yang belum bisa dicerna oleh bayi dengan baik.

    Mengenai batuk, coba Anda baca 2 artikel berikut komentar-komentarnya:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/bagaimana-jika-anak-atau-bayi-batuk-1

    http://www.tipsbayi.com/index.php/bagaimana-jika-anak-atau-bayi-batuk-2

    @ bunda Mahes,

    Untuk minyak ikan, meskipun manfaat minyak ikan sangat besar, dan baik bagi kesehatan, namun jangan dikonsumsi berlebih. Terlalu banyak mengonsumsi minyak ikan dapat menurunkan kadar vitamin E dalam tubuh.

    Bila minyak ikan terbuat dari ekstrak hati ikan, kelebihan takaran dapat menyebabkan keracunan vitamin A dan vitamin D. Sebab, hati ikan adalah salah satu tempat menumpuknya zat-zat beracun. Apalagi, bila ikan tersebut tadinya hidup di tempat yang tidak memenuhi standar kesehatan dan tidak higienis.

    Untuk bayi dan balita, konsumsi minyak ikan per harinya didasarkan pada berat badannya. Sebagai patokan adalah 1 sendok teh per hari bila berat badan anak Anda 10 kg. Jika berat badannya lebih dari 10 kg, gunakan alat takar berupa sendok makan, karena jumlah kebutuhannya juga akan meningkat.

    Untuk keju boleh saja. Yogurt mulai bisa dikonsumsi bayi selepas ASI eksklusif, yakni sekitar usia 6 bulan. Tentu saja YOGURT BUAT BAYI bukan sembarang yoghurt melainkan yoghurt yang mengandung Bifidobacterium sp. Setelah usia setahun barulah anak dapat mengonsumsi semua jenis yogurt.. yang dianjurkan adalah tidak lebih 200 cc, untuk menjaga keseimbangan saluran cernanya..

  80. bunda Mahes August 12, 2010 at 5:31 pm #

    Dear tips, seneng akhirnya bisa connect. Beberapa hari kemarin mau buka tapi eror terus, hikz hikz :(

    Jadi gitu ya tips tentang VCO nya…nanya lagi ya tips, kalo tentang minyak ikan gimana ya?

    Oh ya tips, arttikel yang di atas udah dipraktekin dan sangat sangat membantu buat bunda yang ngerjain semuanya sendiri kaya saya. Super duper menghemat waktu dan tenaga banget deh :) Makasi banyak ya…Tipsbayi memang OK!!! :)

    Tips,Mahes (6m27d) doyan banget maem apalagi kalo mamamnya dikasi irisan seledri seger (gak papa kan y? ) udah boleh makan keju sama yogurt kan y?

  81. Amih Fardhan August 12, 2010 at 2:20 pm #

    Alhamdulillah ketemu jg dgn wadah yg pas to curhat tentang baby
    Salam Kenal
    Mo share nih, setelah baca2 coments bunda2 n jawaban2 dr tips, udah mulai saya praktekkan hari ini fardhan saya kasih puree labu parang dan hasilnya wow dia doyan banget, selama ini saya kasih bubur instant mula2 dia suka tp akhiir2 ini dia nolak, saya jadi sedih knp ga dari dulu ya saya kasih makanan homemade, coz masih bingung gmn bikinnya.
    mo nanya fardhan sekarang 7 bln 2 minggu berat 7,1 kg apa boleh di kasih sari kurma, atau madu untuk campuran mknannya atau di minumin langsung. untuk obat batuk yang alami pake apa ya tips coz fardhan sering batuk, kalo batuk dia muntah (gumo), makasih tips, ditunggu ya jwbannya…

  82. Mom Delv August 11, 2010 at 9:59 am #

    Thanks tips jwbnnya…
    VCO nya ga akan saya kasih lagi deh.. kmrn bbrp hari uda terlanjur saya minumin..gpp kan ya.. tp ga terlihat efek apa2 sih.. ;)
    Salam Sukses Tips.. nti klo ada yg bingung nanya lagi jgn bosen ya =P

  83. tipsbayi August 11, 2010 at 5:46 am #

    @ amah rere,

    Wah, repot juga ya?

    Apakah ia terlalu banyak makan makanan ringan?

    Keluhan ini bukan hanya satu dua kali muncul. Mungkin dengan kemasan yang berbeda, namun pada intinya banyak ibu mengalami salah persepsi terhadap pola makan si anak. Bukannya si anak tidak mempunyai nafsu makan, atau tidak bisa makan makanan yang dianjurkan pada usianya, namun sebagian besar yang terjadi adalah, anak-anak itu telah terlena dengan makanan selingan/snack/jajanan yang dengan rasa enak, gurih, manis yang dimiliki, sehingga membuat anak tidak mau makan makanan yang bergizi dan yang seharusnya dikonsumsi.

    Satu hal yang harus kita pegang teguh, terutama bagi anak-anak, adalah bahwa mereka boleh mendapatkan selingan, bila makanan utama sudah terpenuhi ( dikonsumsi dengan baik ). Bila hal ini tidak kita terapkan, atau bahkan malah menjadi alasan, contoh : “karena anak tidak mau makan, baiklah saya beri jajan saja, yang penting dia kenyang/perutnya diisi sesuatu”, maka ini akan membuat kondisi salah kaprah yang bila diteruskan berpotensi buruk bagi si anak.

    @ Mama Brian,

    Bisa jadi Bu. Memang sebaiknya sejak bayi, anak kita tidak dikenalkan dengan makanan yang terlalu manis terlalu asin, atau terlalu gurih. Soalnya kondisi lidah kita dalam mengecap rasar ternyata tergantung pada kebiasaan.

    Sebagai contoh, seseorang yang sudah terbiasa dari kecil memakan makanan yang sangat asin, ketika dewasa dia bisa mengkonsumsi hingga 4x lebih banyak garam setiap harinya dibanding orang pada umumnya…

  84. Mama Brian August 6, 2010 at 11:15 am #

    Slam kenal tips….
    Sy mau tny anak aku umur 7bln uda aku ksh bubur yg d peret…tp aku kasih kecap meggie
    Tp uda it aku ksh pake susu formula gt dia ga mau,apa krn uda srg d ksh meggie y
    Sbnrny blh ga mengksumsi kecap meggie?

  85. amah re2 August 6, 2010 at 4:45 am #

    re2 dh 1 th 9 bln…….. tapi blm mau makanan padat…. mauny bu2r aj…

  86. tipsbayi August 3, 2010 at 4:46 am #

    Amih Faeyza,

    Bila si kecil mempunyai riwayat alergi pada keluarganya, maka pemberian telur sebaiknya ditunda sampai anak berumur 2 tahun.

  87. tipsbayi August 3, 2010 at 4:39 am #

    @ Mom Delv,

    Maksudnya penggunaan VCO untuk topikal saja, atau untuk kulit. Ini untuk cari amannya. Soal “gaya” makan, memang begitulah si kecil… paling-paling yang Anda bisa lakukan adalah menyibukkannya dengan permainan…

    @ Mommy Keanu,

    Boleh saja sih, sebaiknya coba anggur hijau manis tanpa biji.

    @ Bunda Mahes,

    Sementara ini kami belum menemukan ada penelitian mengenai virgin coconut oil yang diberikan pada bayi. Jurnal kedokteran yang ada mengenai VCO juga sangat sedikit dan itu pun digunakan pada orang dewasa.

    Penelitian yang ada hanya menyebutkan bahwa virgin coconut oil diberikan secara topikal (dioleskan di kulit) dapat mengurangi penyakit pengkelupasan kulit dan mengobati jamur.

    Mengingat belum adanya penelitian mengenai virgin coconut oil pada bayi maka tidak direkomendasikan pemberian VCO pada anak anda, apalagi meminumnya…

  88. Amih Faeyza August 2, 2010 at 8:20 am #

    Dear Tips,
    Maksih banyak ya jawabannya,mau nanya lagi yaa..faeyza sekarang sudah 8 bulan, makan nya saya buat sendiri n bagus juga makannya Allhamdullilah selalu habis.sebelum umur 6 bulan faeyza pakai Sufor yang HA karena alergi, menginjak 6 bulan saya ganti lagi sesuai resep dokter.sampai sekarang saya belum kasih dia telur,untuk yang mempunyai riwayat alergi seperti faeyza kapan ya saya bisa beri dia telur?kuningnya dulu atau putihnya saja?
    Makasih ya buat jawabannya… :)

  89. bunda Mahes July 31, 2010 at 12:30 pm #

    Dear tips..
    Thanks ya buat jawabannya…beberapa hari terakhir bentuk fesesnya Mahes berbeda-beda tetapi karena Mahesnya gak rewel, saya jadi tenang juga. Ternyata proses tumbuh kembang balita sangat kompleks ya..

    Nyambung ke Mom Delv tentang VCO, boleh diberikan ke Mahes sejak usia berapa ya?

    Makasi tips.. :)

  90. Mommy Keanu July 31, 2010 at 7:20 am #

    Tips..boleh gak baby 9bln makan anggur (merah/hijau) ???

  91. Mom Delv July 30, 2010 at 3:06 pm #

    Dear tips..
    Trims ya buat jwbnnya.. jadi saya ga kuatir lagi kasih wortel buat Delv asal jgn berlebihan :)
    VCO nya maksudnya digunakan diluar itu gmn ya? dipake untuk masak gt? skrg ini sih saya tambahin ke mkn Delv kalau uda matang.. jgn dulu ya tips..

    Skrg Delv lagi susah maem nya nih.. kalau buah sih masih mau.. bubur cuma bbrp sendok aja uda ga mau lagi.. uda dicoba yg instan jg ga mau byk.. uda coba jg dari resep2 nya tips.. wah hrs bljr dari mama rafie nih… yg instan malah ga mau carinya masakan mama nya ;)

    Kalau posisi makan sebaiknya gmn ya tips? kadang kan anak suka bosen kalo duduk aja di kursi.. digendong jg suka ga betah.. pdhl uda sambil diajak ngobrol tetep aja ga bs tenang hehe.. Kalau dibawa jln2 atau sambil nonton jg ga baik kan ya tips.. walah sya suka bingung kalo uda ga mau makan gitu ga boleh dipaksa juga ya.. Bingung… @.@

  92. tipsbayi July 29, 2010 at 3:33 pm #

    Amih Faeyza:

    1. Mitos.. Hanya saja lewat waktu segitu biasanya bayi sudah ngantuk. Jadi proses makannya terganggu .. ;-)

    2.3 Berikan sufor pada waktu bangun tidur, menjelang tidur malam, di tengah-tangah dua jadwal makannya dan selebihnya sesuai permintaan bayi Anda. Jangan Anda kurangi takaran atau jadwalnya apabila memang Faeyza merasa kurang, nantinya malah jadi tidak baik.

    Dengan sendirinya Faeyza akan berkurang minat minum susunya apabila jadwal dan porsi makan beratnya sudah bertambah.. ;-)

  93. tipsbayi July 29, 2010 at 3:18 pm #

    bunda mahes:

    Bagus sekali Mahes suka buah.. Anda bisa memberikan buah-buahan apa saja yang rasanya manis, teksturnya lembut dan baunya tidak menyengat..

    Untuk BAB bayi Anda yang terlihat ngedennya susah, memang terkadang terjadi demikian, disamping bayi Anda masih belajar itu wajar karena sistem pencernaan bayi dan pembentukan enzim pencernaan pun belum sempurna. Dan juga pola BAB bayi Anda dan bentuk fesesnya ketika sebelum dan sesudah diberi MPASI akan sedikit berbeda.. ;-)

    Kami selalu senang apabila Anda banyak bertanya atau berkomentar. Karena dengan begitu maka situs ini akan jadi lebih hidup.. :-)

  94. tipsbayi July 29, 2010 at 3:10 pm #

    Mom Delv:

    Berat badan ideal untuk usia segitu sekita 8,6 kg. Memang sedikit kurang, akan tetapi Anda jangan terlalu khawatir. Selain BB bayi perempuan biasanya agak sedikit ringan juga pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat..

    Apabila Delv masih terlihat aktif, makan atau minum susu masih normal dan tidak rewel. Maka Anda jangan khawatir.. ;-)

    Perubahan tekstur makanan bayi Anda sebaiknya dilakukan dengan bertahap, maka bayi Anda pasti akan terbiasa kok.. Anda rubah kekentalannya meskipun masih di blender. Setelah itu bertahap rubah hingga tidak diblender. Dan diharapkan usia 9-12 bulan sudah belajar tekstur nasi tim..

    Semua yang berlebihan itu tidak baik.. ;-)
    Jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, wortel dapat menyebabkan kulit berubah menjadi kuning; fenomena ini, yang disebut “Carotenemia” dan disebabkan oleh carotene yang terkandung pada wortel, biasanya terjadi pada anak-anak dan tidak berbahaya. Perubahan warna kulit ini sama sekali tidak membahayakan, hanya saja dapat menyebabkan Anda dan orang di sekitar kaget atau bingung melihatnya..

    Satu yang perlu anda ingat, meskipun kelebihan carotene biasanya dapat mengakibatkan perubahan warna kulit pada bayi atau anak-anak, hal tersebut tidak lazim terjadi pada orang dewasa karena organ hati orang dewasa seharusnya sudah berfungsi dengan baik untuk mengubah beta-carotene menjadi vitamin A dan menghancurkan lebihnya dari tubuh.

    Meskipun ada yang membolehkan. Tapi kami sarankan untuk bayi sebaiknya VCO Anda gunakan diluar saja dulu jangan dulu diminumkan.. ;-)

  95. tipsbayi July 29, 2010 at 2:37 pm #

    mama rafie:

    Bagus dong Rafie tidak mau makanan bayi instan.. Karena sebenarnya lebih bagus apabila makanannya buatan Anda sendiri, karena apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

    Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

    1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
    2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
    3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
    4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
    5. Mudah
    6. Hemat

    Belut atau ikan lele boleh saja Anda berikan ketika Rafie sudah berusia 8 bulan. Akan tetapi apabila terjadi seperti sebelumnya, yaitu timbul ruam akibat alergi maka sebaiknya Anda tunda dulu pemberiannya..

    Mudah-mudahan benjolan yang ada pada Rafie hanya biang keringat saja.. Apabila dalam beberapa hari ke depan belum hilang juga. Maka untuk mengetahui diagnosa yang tepat, ada baiknya Anda hubungi DSA..

  96. Amih Faeyza July 28, 2010 at 1:16 pm #

    Dear Tips,
    mau nanya lagi yaaa…
    1. Tips Kata Orang Tua dulu kalau bayi kita dikasih makan lewat dari jam 18.00 katanya bisa cacingan apa ini mitos?
    2. Faeyza sekarang usianya 8 bulan minum Sufor boros banget 1 bulan bisa sampai 12 kotak ukuran 400gr. Bagaimana memberikan jadwal minum susunya?
    3. Bagaimana Jika sewaktu-waktu masih ingin minta susu mensiasati untuk tidak minum susu sedangkan dia minta susunya sambil menangis.

    Ditunggu ya jawabannya…Makasih banyak sebelumnya

  97. tipsbayi July 26, 2010 at 2:12 am #

    momee darrel :

    NORMAL.. Terlihat cocok dengan sufornya.. Kenapa dengan ASI-nya..? ;-)

    Padahal ASI adalah susu terbaik untuk bayi Anda yang tidak akan tertandingi sekalipun oleh sufor termahal.. ;-)

    Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

    Dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

    Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

    ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

    Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

    Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

    Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

    Jadi pilih ASI atau sufor…? :-)

    Anda juga bisa baca artikel berikut:

    http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

  98. bunda mahes July 23, 2010 at 6:18 am #

    Dear tips,
    Berbekal ilmu dari tips dan bunda-bunda yang lain, akhirnya Mahes udah mulai MPASI sejak seminggu yang lalu. Mahes mulai bunda beri pure buah+ASI (jam 12.00) dan sari buah (jam 16.00). Dalam satu hari pake buah yang sama. Alhamdulillah mahes selalu suka :) Makasih banyak ya tips… :)

    Nanya lagi ya tips..
    Sejak itu pup nya Mahes jadi 3x sehari: pagi, siang antara jam 14.00-15.00 dan malam (19.00-19.30). Nah yang siang sama malem itu kok seringnya dia pake ngeden ya tips? apakah itu berarti ada gangguan dengan perncernaannya ya?

    tips jangan bosan ditanya ya… makasih ;p

  99. Mom Delv July 20, 2010 at 3:15 pm #

    maaf Tips.. satu lagi kelupaan ;)

    Kalau virgin oil itu gunanya untuk apa ya? Takaran nya seberapa sekali makan?
    Trims ya .. Salam Super :)

  100. Mom Delv July 20, 2010 at 3:12 pm #

    dear Tips..
    Tlg tanya lagi ya.. ;)

    Delv skrg uda 8 bulan 2 minggu.. beratnya 7.3 kg.. itu ideal atau kurang ya?

    Seharusnya makanan nya sudah nasi tim saring? atau masi bu2r ya? skrg sih masaknya masih dari beras jadi bubur trus diblender..
    Giginya baru tumbuh 2 yg di bwh, tapi blum begitu sempurna ;)
    Kalau saya kerok pepaya atau ayam giling, ada yg masih blum hancur sekali kadang dikeluarin lagi.. kalau begitu dicoba aja ke nasi tim saring atau masih bu2r ya?

    oia tips, katanya kalau terlalu banyak makan wortel baby bisa kuning ya? soalnya skrg Delv kelihatannya agak kuning.. jadi saya jemur & kasi ASI lbh sering.. sbnrnya bhn mkn apa lagi ya yg bisa menyebabkan kuning selain wortel?

    Trims b4 ya tips.. ;)

  101. mama rafie July 19, 2010 at 4:53 am #

    Tips, si rafie sekarang sudah doyan banget sama masakan mamanya. kemaren saya coba kasih makanan bayi instan, tapi ternyata dia nangis nggak mau makan, dia nyari masakan mamanya hehehe.
    tips, yang bikin saya agak khawatir, kenapa ada benjolan muncul di kepala rafie ya? bukan benjolan yang timbul keluar kayak bisul gitu, tapi benjolan didalam yang kayak biji2 gitu? apalagi di belakang daun telinga kanan dan kiri ada beberapa benjolan yang bikin saya khawatir.
    apakah karena ini akibat makanan yang dikonsumsinya, karena saya telah memberikan rafie semua makakan, takutnya benjolan ini mungkin akibat dari air kaldu yang banyak lemaknya, tahu yang mengandung borak, atau dari pestisida sayur/ buah yang kurang bersih waktu saya cuci. semua pertanyaan ini selalu menghantui saya, tapi begitu saya coba kasih yang instan, malah rafie menolaknya.
    satu lagi tips, saya pernah kasih rafie daging belut, kan katanya belut bagus buat otak bayi, tapi akibatnya kulitnya timbul ruam2, kayak keringat malam gitu, akhirnya saya belum berani buat ngasih belut dulu.
    apakah bayi 7 bulan sudah boleh makan belut dan ikan lele

  102. tipsbayi July 13, 2010 at 4:49 am #

    bunda kenzie:

    Hmm.. seru ada merdekanya.. :-)

    Benar.. sebaiknya jangan dibiasakan bayi Anda mendapatkan makanan instan..

    Sebenarnya lebih bagus apabila makanannya buatan Anda sendiri, karena apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

    Sebelum Anda memberikan makanan pada bayi Anda, ada baiknya Anda coba terlebih dahulu. Anda bisa merasakan apakah rasanya enak atau aneh..

    Kami sarankan jangan terlalu banyak Anda mencampurkan bahan makanan yang nantinya akan berasa aneh.. Pasti bayi Anda akan menolaknya..

    Anda bisa memberikan satu persatu rasa, misalnya pagi A siang B. Jangan di campur A dan B yang nantinya akan jadi aneh rasanya.. Lain halnya apabila sudah terbiasa.. ;-)

    Untuk awal-awal sebaiknya Anda memberikan campuran ASI atau sufor lebih banyak pada makanannya, agar rasanya mendekati rasa makanan utamanya yaitu ASI.

  103. tipsbayi July 13, 2010 at 3:53 am #

    Amih Faeyza:

    Untuk lebih jelasnya seputar nitrat dalam sayuran tersebut, Anda bisa menyimak pada artkel kami di:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/nitrat-dalam-sayuran

    Semoga membantu.. ;-)

  104. tipsbayi July 13, 2010 at 3:27 am #

    mama rafie:

    Anda banyak bertanya kami tidak bosen kok.. Malah kami senang sekali.. ;-)

    Usia bayi 7 bulan sudah siap dengan makanan seperti daging-dagingan dan telur. Asal saja bayi Anda tidak alergi terhadap makanan tersebut.. Terutama untuk telur, telur merupakan makanan kaya protein. Namun, pemberian telur kepada bayi terutama bagian putihnya, sering memicu alergi. Jadi kalaupun Anda ingin menyajikan menu telur berikan kuning telurnya saja, sementara putih telur umumnya direkomendasi baru setelah usia bayi di atas 9 bulan. Dan bayi Anda sudah lebih dari 9 bulan juga terlihat tidak alergi maka boleh Anda berikan maksimal 2 butir dalam sehari..

    Pemberian bahan makanan bergilir yang Anda lakukan sudah bagus..

    Asalkan perubahan tekstur pada pemberian makanan bayi Anda dilakukan dengan bertahap, maka bayi Anda pasti akan terbiasa kok.. Hanya saja memang perlu disesuaikan juga dengan pertumbuhan giginya.. ;-)

  105. tipsbayi July 13, 2010 at 2:59 am #

    bunda mahes:

    Maksud saju jenis bahan disini adalah, pada proses pembuatan bubur susunya apabila Anda ingin memperkenalkan satu bahan yang baru maka Anda perkenalkan satu-satu.. Misalnya hari ini Anda ingin memperkenalkan bubur susu beras merah rasa wortel.. beberapa hari Anda ulangi satu rasa ini dulu. Lalu berikutnya memperkenalkan rasa baru lagi misalnya rasa ayam.. dst sampai beberapa macam bayi Anda suka.. Agar Anda bisa melihat efek dari makanan satu-persatu.. ;-)

    Untuk stok ASI Anda bisa memperhitungkan sendiri berapa lama Anda tidak ditempat dan berapa banyak kebutuhan bayi Anda setiap hari.. Tidak harus menumpuk banyak.. Meskipun jika disimpan di frezer bisa tahan lebih lama lagi..

    Sebaiknya potongan buah Anda berikan apabila bayi Anda sudah bisa memegang, menggigit atau mengunyah sendiri.. Untuk bayi yang masih berusia 6 bulan , Anda bisa memberikannya dalam bentuk jus atau kerok.. ;-)

  106. tipsbayi July 13, 2010 at 1:19 am #

    Mom Delv:

    Kentang, tahu, telur boleh Anda simpan dalam kotak es.. Semua makanan bayi yang sudah diolah matang (kecuali bayam) bisa Anda awetkan dalam bentuk balok es..

    Benar.. Untuk proses penyajiannya, cukup Anda rendam dalam air panas saja .. ;-)

  107. momee darrel July 11, 2010 at 8:01 am #

    tips anakku 3,5 bln tp udh dseling sufor.. pupnya 3 hr skali,tp lancar (g ngeden),normal g y?

  108. bunda kenzie July 10, 2010 at 7:20 am #

    halooooo…. ih seneng banget deh ada tempat curhat yg oke buanggeett..
    aku mau curhat sekalian tanya2, anakku udah 6 bulan 1 minggu nih ceritanya aku udah kasih dia bubur susu instant dari semenjak dia umur 5,5bln dan dia suka kadang suka minta nambah.. nah begitu dia masuk 6 bulan aku bikin bubur saring sendiri dgn komposisi: kentang, brokoli, salmon, keju alhasil dia ga suka… berikutnya aku coba bikin lagi dengan komposisi: beras putih, wortel, salmon, keju… alhasil dia nyengir2 dan nolak jugaaaaa…. aku bingung bgt deh sumpah!!! mesti gimana nih, aku sih ga mau biasain dia makan yg instant2.. tolong bantu aku banget ya TIPS… sumpah lagi bingung bangettttt…klo boleh sih menu awal yg ga bikin dia trauma dgn makanan rumah.. thx a loottttt… merdeka!!

  109. Amih Faeyza July 9, 2010 at 1:40 pm #

    Dear Tips,
    Tips aku baca artikel bahwa Wortel diperkenalkan setelah anak umur 8 bulan, karena kandungan nitrate yang tinggi tidak baik untuk anak dibawah 8 bulan kemudian jangan gunakan air bekas merebus/mengukus wortel dan sayuran lain yang kandungan nitratnya tinggi (bayam,brokoli,bit,dll). Menurut Tips bagaimana pendapatnya dengan informasi tersebut. karena sangat membantu banget buat saya yang ingin dapat banyak informasi lagi.
    makasiih sebelumnya ya….ditunggu ya jawabanya

  110. mama rafie July 6, 2010 at 9:01 am #

    Dear Tips, mau nanya lagi ya, jangan bosen aja ya :-)
    Hampir sebulan ini rafie udam MPASI, untunglah sekarang rafie sangat suka MPASI yang disiapkan oleh mamanya. thanks ya buat banyak resepnya.

    tips, apakah ginjal bayi 7 bulanan sudah kuat untuk mengkonsumsi daging2an setiap hari? daging sapi giling, daging ayam giling, hati, kuning telur. saya selalu memberikannya bergilir kepada rafie. tentunya dicampur dengan kentang, wortel, dan sayur hijau.

    satu lagi tips, kan bayi 9 bulan sebaiknya sudah makan nasi tim/ nasi lembek. kalau si bayi belum tumbuh giginya, apakah tetap diberikan nasi tim juga? takutnya ntar kesedak mengingat mereka belum punya gigi untuk mengunyah.

    Terima kasih sebelumnya.

  111. bunda mahes July 5, 2010 at 12:43 pm #

    Tips, nanya lagi ya..hehehe..

    Buat Mahes nanti umur 6 bulan udah bisa langsung dikasi cemilan?kalo mau ngasih potongan buah, kira” ukurannya berapa ya?kalo kecil” kok saya takut mahes nya tersedak ya..

    Makasih tips..

  112. bunda mahes July 5, 2010 at 6:21 am #

    insyaallah setia deh, soalnya tips nya tips oke sih. Apalagi banyak share dari bunda” lain jadi lebih komplit deh dapet tambahan ilmunya.

    Makasih buat ilmunya tips..Untuk yang kacang ijo completely clear. Tapi yang buat MPASI nya masi agak bingung ne..Jadi dalam satu hari cukup dikasi satu jenis saja ya? misal jus buah saja atau bubur susu aja gitu?

    Alhamdulillah bunda mahes dari udah punya sedikit stok ASI di freezer kulkas 1 pintu. Rencana mo dipake buat campuran MPASI nya Mahes. Baca-baca ternyata tahannya cuma sampai 2 minggu aja ya? Bener gak tips? Kalo iya kan jadi sayang ya????

  113. Mom Delv July 4, 2010 at 10:19 am #

    dear Tips… Salam Sukses :)
    iya skrg ASI tetep masuk trus.. trims ya info nya ttg ASI ;)
    oya, skrg pup nya Delv uda ga keras lagi tips.. byk dikasi pepaya ama jeruk :)

    Tips.. boleh tanya lagi ya.. ;)
    Bahan makanan apa yg tidak boleh dijadikan es & disimpan di frezzer?
    Bayam uda pasti, kalau kentang, tahu, telur?
    Kalau untuk memanaskan bubur & sayur yg beku boleh direndam di wadah yg berisi air panas saja? soalnya kalau dikukus kok tambah byk airnya ya? jadi terlalu encer..
    Trims b4 ya..

  114. tipsbayi July 2, 2010 at 3:42 am #

    bunda mahes:

    Wah.. Mudah-mudahan setia nih.. ;-)

    Karena masih dalam masa adaptasi maka sebaiknya Anda berikan jangan terlalu banyak macamnya, cukup satu macam agar mudah melihat reaksi dari makanan tersebut.

    Perhatikan reaksinya setelah pemberian MPASI. Jika tidak ada gangguan pencernaan atau tanda-tanda alergi, maka menunya bisa Anda teruskan dengan macam yang lainnya.. :-)

    Untuk MPASI-nya Anda bisa memberikan
    - bubur susu, susunya bagusnya ASI
    - Sereal yang dicampur dengan ASI/sufor
    - Pure pisang
    - Pure kentang
    - Pure apel
    - Pure wortel
    *untuk pure bagusnya dicampur dengan ASI agar BB bayi Anda stabil

    Air rebusan kacang hijau bisa diambil ketika airnya sudah mendidih agak lama. Anda bisa mengambil sebagian dan sebagian lagi bisa Anda teruskan sampai jadi bubur kacang hijau. Apabila sudah lunak/ matang bisa Anda blender dan disaring untuk memisahkan kulitnya, lalu campurkan sufor.. Maka bubur susu kacang hijau sudah siap Anda sajikan untuk Mahes.. ;-)

  115. Mommy Keanu July 1, 2010 at 1:29 pm #

    Tips..
    sebaiknya gimana cara bikin bubur tim, soalnya kalo langsung pake beras..berasnya lamaaa banget mateng dan kadangan rassanya agak mentah, bisa gak pake nasi yang udah jadi terus dimasak lagi dan ditambahin air sampe agak lembek???kalo pake beras merah prosesnya sama gak?? bisa gak bubur tim yang dibuat pagi dan sudah di blender disimpan di kulkas sampe malam??soalnya aku suka bikinnya sekalian banyak sampe 3x makan..kalo bisa disimpannya gimana?terus cara panasinnya gimana??biar gizinya gak hilang??boleh gak anak umur 9bulan makan anggur??
    thanks be4 tips :)

  116. tipsbayi July 1, 2010 at 4:25 am #

    Mom Delv:

    Kalau Delv gak mau sufor gak apa-apa yang penting ASI terus masuk kan..?

    Tampilan dari ASI berbeda-beda tiap waktu sesuai karena kandungannya pun berbeda-beda tiap saat. Termasuk juga kandungan lemak dan warna dari ASI. Jumlah lemak dalam ASI akan fluktuatif dari hari ke hari. Bahkan saat ASI yang keluar di menit-menit awal akan berbeda warna dan tampilannya.

    Nutrisi Anda harus mengandung gizi seimbang. Maksudnya , makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.. Perbanyak beras-berasan, gandum-ganduman, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran

    Nasi merah penyebab BAB keras..? Memang bisa terjadi, akan tetapi tidak pada semua bayi. Untuk pepaya justru membantu melancarkan BAB.. ;-)

    Agar BAB tidak keras .. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan 5 porsi kecil (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

  117. tipsbayi July 1, 2010 at 2:01 am #

    mama rafie:

    Ya deh.. Sama-sama.. ;-)

  118. bunda mahes June 28, 2010 at 4:27 pm #

    Oh ya satu lagi tips, saya bingung dengan anjuran minum air rebusan kacang hijau yang bagus seperti apa ya?direbus berapa lama?apakah diminum airnya saja atau lebih bagus kalu dengan kacang hijaunya juga?

  119. bunda mahes June 28, 2010 at 2:25 pm #

    Dear tipsbayi yang tips nya oke punya,
    Sejak pertama ketemu bundamahes dah langsung jatuh cinta :) Mahes 2 minggu lagi 6bulan, jadi bundanya lagi sibuk browsing2 tentang MPASI.

    Untuk minggu pertama pengenalan, dalam satu hari apakah jus buah/makanan lain diberikan satu jenis atau bisa devariasikan? Bisa minta tolong diberi contoh menunya?

    Thanx

  120. Mom Delv June 25, 2010 at 5:30 am #

    Trims jwbnnya tips..

    Skrg Delv kalo makan bu2r ga pake susu.. cuma bu2r ama sayur aja.. harus dicampur su2 gt ya? ASI nya disusuin lgs aja, sehari msi sekitar 4x.. kdg2 susunya jadi susah kalau dipompa, dptnya ga byk, kalo ga adaan jd sakit deh.. ;)
    Delv juga uda dicoba berbagai merk sufor tapi ga mau.. uda tau rasa ASI lebih enak kli ya? :)
    kmrn ini sih sempet (kalo lagi byk) dipompa, tp knp ya warna su2nya bening keruh gt? kaya foremik? smp uda abis su2nya diperes jg masi bening gt, harusnya kan mkin lama mkin putih ya tips? kira2 wajar ga ya klo kya gt? apa bergizi ASI nya? :) saya harus makan apa biar ASInya bagus?

    Tips, apa bener kalo makan nasi merah atau makan pepaya kebanyakan bisa bikin susah pup? kalau BAB nya keras gt jd hrs diapain ya? dibiarin aja gt? nanti bisa terbiasa?

  121. mama rafie June 23, 2010 at 10:53 am #

    tips, thanks banget ya.

  122. tipsbayi June 23, 2010 at 1:58 am #

    nani:

    Menunya bagus.. Makanan bayi Anda diblender boleh kok.. ;-)
    Hanya saja karena usia bayi Anda sekarang sudah 9 bulan 2 minggu seharusnya bayi Anda sudah mendapatkan makanan tim tanpa diblender atau makanan teksturnya sama dengan tin.

    Maka sebaiknya bertahap Anda rubah tekstur makanannya, sehingga nantinya bayi Anda siap menerima makanan sesuai dengan tahapannya..

    Telur merupakan makanan kaya protein. Namun, pemberian telur kepada bayi terutama bagian putihnya, sering memicu alergi. Jadi kalaupun Anda ingin menyajikan menu telur berikan kuning telurnya saja, sementara putih telur umumnya direkomendasi baru setelah usia bayi di atas 9 bulan. Dan bayi Anda sudah lebih dari 9 bulan juga terlihat tidak alergi maka boleh Anda berikan maksimal 2 butir dalam sehari

    Telur bisa disajikan dalam bentuk sup (telur dikocok lalu dimasukkan ke dalam air rebusan sup ayam atau sup lainnya). Atau rebuslah telur, lalu kuningnya dijadikan campuran tumis sayuran. Puding bayi pun dapat diperkaya kandungan gizinya dengan penambahan susu dan kuning telur.

    MESKIPUN kuning telur bisa diberikan setiap hari (untuk yang tidak alergi), tanpa harus khawatir anak menjadi gemuk sebab kolesterolnya adalah kolesterol baik, akan tetapi SEBAIKNYA Anda variasikan makanan bayi Anda agar bayi Anda tidak cepat bosan. Dan JANGAN memberikan telur yang tidak matang pada bayi Anda.. ;-)

  123. tipsbayi June 23, 2010 at 12:23 am #

    Mom Delv:

    Langkah Anda benar.. Sepertinya Anda sudah tambah paham ya.. ;-)
    Pokoknya untuk penyajian bayam diusahakan fresh..

    Pola makan dan menunya sudah bagus, apalagi Delv senang ASI itu bagus sekali dan harus dipertahankan.

    Untuk BAB Delv yang keras atau terlihat ngedennya susah, memang terkadang terjadi demikian, disamping bayi Anda masih belajar itu wajar karena sistem pencernaan bayi dan pembentukan enzim pencernaan pun belum sempurna. Dan juga pola BAB Delv dan bentuk fesesnya ketika sebelum dan sesudah diberi MPASI akan sedikit berbeda.. ;-)

    Apakah selama ini susu pencampur makanannya sufor? Atau ASI? Sebaiknya Anda gunakan ASI sebagai susu campurannya agar BAB-nya tidak keras..

  124. tipsbayi June 22, 2010 at 11:53 pm #

    mama rafie:

    Usia Rafie sekarang 6 bulan 1 minggu ya..? Berat badan Rafie cukup dan termasuk tinggi. Jadwal makannya untuk awal sudah bagus, tinggal ditambah lagi setelah terlihat Rafie minatnya bertambah.

    Untuk menghindari ketagihan makanan instan, sebaiknya Anda selingi dan mulai dibiasakan dengan makanan buatan Anda sendiri dengan campuran ASI lebih banyak agar rasanya tidak terlalu jauh dengan makanan pokoknya yaitu ASI.. ;-)

    Untuk menghangatkan susu atau pure buah, bisa Anda lakukan cukup dengan cara merendam tempat susu atau pure buah di dalam wadah yang berisi air panas. Karena untuk penyajian susu untuk bayi Anda suhunya jangan melebihi suhu tubuh yaitu 37 derajat celcius saja..

  125. Mom Delv June 22, 2010 at 4:10 pm #

    dear Tips..
    yg diatas blum dijawab uda nanya lagi gpp ya.. sekalian jwbnya :)

    Delv umur 7 bln 2 minggu skrg, baru dikenalin makanan bikinan sendiri nih tips.. sblmnya pake yg instant.. saya bikin bu2r pake sayur2an saja (wortel, brokoli, tomat, bayam) & tahu tempe, blum pake daging..
    Makan bu2r 2x, buah 2x (pepaya atau melon, ga dikasih pisang dulu), ASI masih jalan trus, Delv ga mau klo dikasi sufor..

    Semenjak dikasih makanan ini kok BAB nya jadi keras ya tips.. klo mau pup jadi nangis, ngedennya susah keluar gitu,.. kasian liatnya.. :)
    Kira2 karena apa ya pup nya keras? pdhl kan byk sayur & buah mknnya.. apa bs pengaruh dari kekentalan bu2rnya? pdhl uda lebih encer drpd yg dulu masi pake yg instant..
    Thx b4 ya tips .. ^^

  126. mama rafie June 21, 2010 at 10:15 am #

    Tips, tanya lagi, kalau pure buah + susu yang sudah dibekukan, gimana mencairkannya? apakah diatas api kecil juga? kan katanya susu tidak boleh dihangatkan diatas api atau pada suhu tertentu, karena nanti ada zat yang mati.

  127. nani June 17, 2010 at 1:41 pm #

    hi tips ,,,bolehkah bayi mengkonsumsi telor setiap hari. soalnya dari usia 6 bulan tiap pagi anaku makan telor ,terus kalo makan buah tanpa dimasak terlebih dahulu boleh ga makasih

  128. nani June 17, 2010 at 1:29 pm #

    hi tips. . anaku sekarang dah 9 bulan 2 minggumengkonsumsi nasi di blender dicampur sop(buncis kentang wortel daging/kerang)boleh ga,, terus makanan yang di blender ada efek sampingnya ga y makasih

  129. Mom Delv June 16, 2010 at 11:00 am #

    Thanks balasannya tips..
    Boleh tanya lagi ya nyambung pertanyaan di atas… ;)

    Kalau bayam tidak boleh lama dikonsumsi sesudah dimasak ya? ga boleh di bekuin juga? Jadi kalau mau nambah bayam sebaiknya gmn caranya ya? dipotong kecil2 trus direbus.. nah kan blum pure tuh.. jadi harus diblender lagi dgn mkn pure lain yg beku saja? trims b4.. ;)

  130. mama rafie June 16, 2010 at 9:30 am #

    Hi tips, dah seminggu ini rafie mencoba makan makanan pertamanya.
    saya sudh bikin tepung kacang merah dan kacang hijau yang sy dpt dari tips. Tapi kayaknya rafie kurang suka. dengan terpaksa rafie saya kasih yang instan dan biskuit, dan dia suka. tapi karena belum kenal, maka makanannya bayakan disembur daripada masuk mulutnya:-)
    saya baru mengenalkan 3 kali waktu makan,
    jam 10~11 pagi = bubur susu
    jam 12~1 siang = pisang kerok + air jeruk
    jam 3~ 4 sore = bubur susu
    ditambah sufor + asi sesukanya, apakah ini sudah ok? karena pertumbuhan beratnya sedikit sekali, sekarng BB=7Kg TB =69cm

  131. tipsbayi June 14, 2010 at 7:33 am #

    Mom Delv:

    1. Bubur susu yang Anda berikan sudah agak kental ya..? Anda boleh mencoba resep kami dengan cara menyesuaikan teksturnya. Anda bisa buat dengan tekstur atau kelembekannya tidak terlalu jauh dengan menu sebelumnya.. Jadi bertahap.. ;-)

    2. Bisa makanan sudah matang yang telah dicampur atau memang lebih baik matang tapi terpisah.. Yang selanjutnya jika Anda akan menyajikan tinggal ambil beberapa balok makanan yang sudah berbentuk es (beku) lalu di panaskan sambil dicampur dengan perbandingan bahan sesuai selera yang Anda inginkan..

    3. Daging yang bagus bisa dada atau paha, yang penting pilih tidak mengandung banyak lemak,..

    Sukses juga untuk Anda … ;-)

  132. Mom Delv June 10, 2010 at 3:18 am #

    dear Tips..
    seneng banget bs bergabung disini.. infonya bnr2 bermanfaat.. ;)

    tips, tolong tanya..
    1. Delv 1 minggu lagi 7 bulan, bratnya 6.7 kg.. skrg ini makannya masi bu2r su2 tapi sudah agak kental, bu2r nya skrg masi yg instan. Sya mau coba bikin bu2r sendiri biar gizinya terpenuhi, sesuai saran Tips.. boleh langsung dicoba bu2r tim?
    2. kalau makanan yg disimpen di frezeer itu bisa sudah dalam bentuk jadi? mis, beras sudah dimasak dgn ayam/daging/ati, dicampur wortel/brokoli, diblender, lalu dimasukkan ke tmp es batu?
    Kalau buah bgm cara ngasihnya? dari beku di frezzer didiemin sampai cair aja?
    3. kalau daging ayam yg bagus bagianapa? dada? paha?
    Trims sblmnya… Sukses trus yaa..!!

  133. tipsbayi June 3, 2010 at 4:11 am #

    mama rafie:

    Benar.. Tepungnya tetap perlu dimasak, karena ketika disangrai tepungnya belum begitu matang. Bila makanan bayi Anda kurang matang, bisa memicu BAB keras juga lho.. ;-)

  134. tipsbayi June 3, 2010 at 4:08 am #

    Nitrie Septyani (Amih Faeyza):

    Ga apa-apa.. Hanya masalah jadwalnya saja agak berbarengan ya.. Tapi tidak apa-apa kok.. ;-)

    Pola BAB bayi Anda belum tetap. Bisa sering atau jarang.. Seiring dengan bertambah usianya maka pola BAB bayi Anda akan terbentuk hingga jadwalnya akan terlihat..

  135. tipsbayi June 3, 2010 at 4:03 am #

    mama rafie:

    Sama-sama.. ;-)

  136. mama rafie June 1, 2010 at 4:33 am #

    Dear tips, nanya lagi nih
    saya pikir, kalau tepungnya sudah kita sangrai dulu sebelum diblender, tidak perlu lagi dimasak diatas api, tapi bisa langsung dikasih air hangat atau asi/sufor.
    jadi tepungnya tetap perlu dimasak diatas api kecil ya tips?
    mohon penjelasannya, terima kasih.

  137. Nitrie Septyani (Amih Faeyza) May 31, 2010 at 6:40 am #

    makasih banget ya Tips buat jawabannya puas banget dehh…
    Ada yang mau ditanyain lagi neh Tips..faeyza setiap selesai makan selang 1 atau 2 jam BAB kalau seperti itu gapapa ya?…
    makasih yaaa

  138. tipsbayi May 29, 2010 at 8:08 am #

    Nitrie Septyani:

    1. Apabila dalam masa adaptasi tidak menunjukan keluhan dan terlihat minat bayi Anda bertambah maka Anda bisa menambah jadwal makannya.. Biasanya kurang satu minggu sudah bisa mulai bertambah..

    2. Bisa jeruk baby atau pisang manis..

    3. Jangan lupa bahannya beras atau kacang hijaunya disangrai dulu sebelum dibuat tepung, maka dalam pembuatan buburnya tidak memerlukan waktu lama dan buburnya akan terasa matang.. Biasa dengan api kecil +/- 15 menit. Setelah matang baru campurkan ASI atau sufor.. ;-)

  139. mama rafie May 27, 2010 at 4:54 am #

    Dear tips,

    Thanks banget atas jawabannya :-)

  140. Nitrie Septyani May 26, 2010 at 4:00 am #

    Slam kenal buat Tips..aku mamanya faeyza seneng banget dapat informasi banyak,anaku sekarang dari tgl 24 mei 2010 dah 6 bulan,faeyza pakai susu formula.makanan pertama yang aku kasih bubur susu encer 1x sehari,dah 3 hari seperti itu.pertanyaannya
    1. Mulai kapan aku bisa memberikan bubur susu yang lebih dari 1x?
    2. Buah pertama yang diberikan apa?
    3. membuat bubur susu dimasak berapa lama?
    makasih banyak yaa…ditunggu jawabannya

  141. tipsbayi May 25, 2010 at 2:42 pm #

    mama rafie:

    Mohon maaf mama rafie baru kami jawab, tidak ada maksud lain kok.. ;-)

    Cara Anda sudah benar.. Karena perlu diketahui, untuk penyimpanan ASI atau sufor yang telah dilarutkan, penyimpanan dalam suhu ruangan suhu tidak lebih dari 25° Celsius ASI akan bertahan selama 4-6 jam. Penyimpanan dalam lemari es dengan suhu 0°–3.9° Celsius, susu akan bertahan selama 2-3 hari. Rafie suka kan.. :-)

    Apabila memang hanya batuk flu saja, Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, dengan memberikan banyak minum susu terutama ASI, buah, makan teratur (bila sudah mendapat MPASI) dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.. Berikan ketenangan hindarkan bayi Anda sering menangis..

    Kalau memang Rafie flu disertai batuk berdahak pada biasanya agak lama karena Rafiebelum bisa membuang dahak atau lendirnya sendiri..

    Imunisasi pneumokokus, jenis imunisasi ini tergolong baru di Indonesia. PCV atau Pneumococcal Vaccine alias imunisasi pneumokokus memberikan kekebalan terhadap serangan penyakit IPD (Invasive Peumococcal Diseases), yakni meningitis (radang selaput otak), bakteremia (infeksi darah), dan pneumonia (radang paru). Ketiga penyakit ini disebabkan kuman Streptococcus Pneumoniae atau Pneumokokus yang penularannya lewat udara.

    Pada anak yang belum mendapatkan PCV pada umur >1 tahun PCV diberikan dua kali dengan interval 2 bulan. Pada umur 2-5 tahun PCV diberikan satu kali..

  142. mama rafie May 25, 2010 at 10:41 am #

    tips, kok pertanyaanku gak ditanggapi?

  143. tipsbayi May 25, 2010 at 7:48 am #

    yty:

    Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

    Dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

    Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

    ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

    Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

    Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

    Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

    Jadi pilih ASI atau sufor…? :-)

    Anda juga bisa baca artikel berikut:

    http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

    Agar pertumbuhan tulang atau tinggi maupun beratnya tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP..

    Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang cukup. Perencanaan pola makan dengan gizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

  144. mama rafie May 21, 2010 at 3:03 am #

    tips mau nanya lagi,

    apakah imunisasi pneumococis itu? pentingkah?
    dan kalau bayi kita lagi batuk pilek, boleh nggak diimunisasai?
    sekarang rafie lagi batuk pilek, dikasih obat sama DSAnya tapi saya ragu untuk dikasih ke rafie, karena bahan kimianya itu.
    tips, tolong dong info obat alami batuk pilek untuk anak bayi.

  145. mama rafie May 20, 2010 at 10:52 am #

    Dear Tips,

    Rafie skarng 5 bln 1 minggu, makannya asi dan sufor aja.
    mau nanya, asi saya peras di waktu kantor aja.
    jam 12.30 siang sampai jam 1 siang biasanya dapet sekitar 100~140ml, saya simpan di suhu ruang kamar untuk saya lanjutkan memeras lagi pada pukul 14.30. hasil perasan ini saya tampung pada botol yang sama. setelah terkumpul sekitar 190ml baru saya simpan di kulkas.
    ntar jam 6 sore pulang kantor baru saya ambil untuk di bawa pulang, perjalanan sekitar 30 menit kerumah, baru saya simpan kembali di kulkas. besoknya baru saya kasihkan ke rafie, setelah saya rendam di air hangat kuku. apakah ini sudah sesuai ya?
    hal ini sudah berlangsung lebih dari 2 bulan dan rafie baik2 saja sampe skarng.
    please advise and thanks before ya.

  146. yty May 19, 2010 at 3:30 pm #

    Wah akhirnya sy bisa ketemu komunitas ini,setelah berbln2 browsing..???? ? ? •?Ha?k Ý??• ? ? ? bgt buat tipsbayi.. Bayiku berumur 8bln ini U?ªh anak ke3, ada sedikit dilema nih..anak pertama dan kedua tdak terlalu tgi dibading teman sebayanya..nah ??N? 1 saya asiin samapai 1.2bln, ??N? ke 2, 2thn.. ??N? ke3 ,8bln msh ASi skrg. Ada teman ??N? menyarabkan ksh susu kaleng saja krn kalsiumnya lebih..jd anak cpt tgi.. Pnh jg sy tnykan hal ini kpd dokter anak kami,beliau mgtakan tdk ada hubngan kalo anak minum ASI jd gak tinggi.. ??N? ingin sy tnykan apa perlu sy campur susu kaleng kepd anak saya,kalo mau buat bubur susu gmna caranya..ASI sy lebih suka lgsung diberikan drpd diperas..bubur saya campur keju boleh tdk??

  147. tipsbayi May 17, 2010 at 2:29 am #

    bundanya nara:

    Selain Anda memvariasikan makanannya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi Nara yang susah makan atau kurang nafsu makan atau bosenan..

    * Menetapkan jadwal waktu makan bagi Nara dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan Nara.

    * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi Nara, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai Nara.

    * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan Nara adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

    * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan Nara adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi Nara.. :-)

    * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya ..

    * Anda perlu membiasakan melatih Nara makan sendiri untuk melatih motorik halus dan kasarnya juga melatih kemandirian.. Hanya saja tetap perlu pengawasan dari Anda.. ;-)

    Untuk resepnya Anda tunggu artikel berikutnya ya..

  148. tipsbayi May 17, 2010 at 2:17 am #

    reni:

    1. Proses pembuatan buburnya sudah benar.. Tahapan selanjutnya setelah bubur saring, bubur tanpa saring lalu tim saring dan tim. Yang penting rubahlah tekstur makanan bayi Anda secara bertahap.. ;-)

    2. Untuk pemberian nasi tim, Anda bisa perkenalkan dari usia 9-12 bulan. Cara membuatnya bisa mulai dari beras dengan proses kukus tim, atau dari nasi yang tinggal melanjutkan proses kukusnya. Bisa juga memakai rice cooker dengan menambah air lebih. Atau dengan panci presto. Yang penting hasil akhirnya, teksturnya selembek nasi tim saja.. ;-)

    3. Memang biasanya bentuk feses bayi yang sudah mendapat MPASI akan berubah sesuai dengan asupannya, wajar.. Buatlah pola makan yang baik.. Perbanyak menu makanan yang mengandung serat. Pilihlah menu dengan buah dan sayuran. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan 5 porsi kecil (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

  149. bundanya nara May 15, 2010 at 10:41 am #

    Waaahhh….makasih infonya ya bwt smua bunda2 dan tim tipsbayi,aku jd bnyk tau neh…aku jg mo^ nanya dong babyku 11bln trmsuk baby yg bosenan,aku udh coba mcm2 msakan dr daging,ayam,smpe syuran smua udh aku mcm2in tp msh bosen jg kadang2,ada yg pny resep mkanan bayi usia 11bln g,sharing dong…
    • · ?·? ??ä?? ?öü ?·? · •

  150. bundanya nara May 15, 2010 at 10:37 am #

    Waaahhh…..makasih ya bwt smua bunda2 dan tim tips bayi,infonya lengkap bgt,
    Saya jg mo^ tanya neh putriku umurnya 11bln dia bosenan,udh aku variasiin daging&ayam tp msh bosen jg,ada yg pny resep mkanan bayi usia 11blnan g?sharing yuuuuukkkk…..• · ?·? ??ä?? ?öü ?·? · •

  151. reni May 13, 2010 at 2:32 pm #

    Allow Tips Bayi..

    Thx untuk smua info & sharingny

    Nazka (8m10d) sdg blajar mkn bu2r saring sjak sblum 8m..udh aga kental sih, saya buat dari 2sdm beras merah+3 glas air di panaskan krg lebih 1 jam (udh betul belum yaa???) plus kaldu&syuran
    Yang mau saya tanyakan..
    1. setelah bu2r saring tahapan selanjutny apa ya?apakah bu2r tanpa saring..atau tim saring..atau apa ya..?
    karena bu2rnya itu masih sangat besar2 bulirnya, kalau tidak disaring takutnya tersedak..
    2. kalau untuk tim bagaimana cara membuatnya?kapan tepatnya diperkenalkan?
    3. sejak makan makanan padat, tekstur mpup (maaf) nezka menjadi agak keras dengan bentuk bergumpal (maaf)..tapi masih rutin (max 5 hr ga mpup)…apakan itu tandany nezka masih belum dapat menyesuaikan dengan makanan padatnya…atau kurang sayur dan buah (sudah menggunakan banyak syur dan buah pun te2p samma)

    Thx a lot ya Tips bayi :)

  152. tipsbayi May 8, 2010 at 12:41 am #

    nita:

    Sama-sama.. ;-)

  153. tipsbayi May 8, 2010 at 12:36 am #

    elin:

    Oh.. bayi Anda mengalami bingung puting. Sebetulnya Anda masih bisa memberikan ASI pada bayi Anda yaitu dengan cara Anda memerah atau memompa ASI dan memberikannya dengan dot yang biasa bayi Anda hisap.. ;-)

    Nafas grok-grok seperti itu kemungkinan masih adanya cairan sisa persalinan pada bayi Anda. Memang dengan cara dijemur dengan ditidurkan miring cairan biasanya akan keluar..

    Kemungkinan besar muntahnya bayi Anda memang karena cairan tersebut.. Anda jangan terlalu khawatir.. Dan Anda juga bisa konsultasikan dengan bidan di tempat Anda bersalin.. ;-)

  154. nita May 7, 2010 at 5:31 am #

    waduh, untung baca tipsnya ya, saya baru mulai memberi makan bubur pd bayi saya dan sudah langsung saya bubuhi garam, jadi tau deh garam ga boleh dulu thanks ya..

  155. elin May 5, 2010 at 3:51 am #

    Bayi saya skrg umur 2 bln, sejak lahir minum susu formula krn sehabis bersalin tidak mau asi krn puting kecil n terlanjur di kasih dot sm bidan stlh lahir krn asi baru keluar stlh 3 hari..smpt sy paksa agar minum asi smpe 1 bulan tapi tetap tidak mau smpe nangis kejer.sy smpai putus asa dan stress knp bayi saya tidak mau minum asi saat itu hingga produksi asi sy habis sm sekali skrg krn tidak di susukan.yang ingin sy tanyakan kok bayi sy sejak lahir smpe skrg nafasnya msh grok2,n kadang2 suka muntah.kata DSA nanti juga ilang sendiri di suruh di jemur. apakah penyebab muntahnya itu krn nafas yg tersumbat oleh lendir hingga sulih si bayi mengatur nafas atau krn sebab lain?mksh atas jwb nya.

  156. tipsbayi May 5, 2010 at 12:49 am #

    Solika:

    Karena bayi Anda sudah terbiasa atau sudah mencicipi bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

    Masakan bubur atau tim untuk bayi boleh diberi bumbu masak alami. Contoh bumbu alami adalah bawang bombai, bawang merah, bawang putih, bawang daun, seledri, salam, serai, daun jeruk, kemangi, lengkuas, kunyit, kencur. Hanya saja untuk ini Anda perlu melihat dan menyesuaikan minat bayi Anda..

    Kalaupun Anda membubuhi makanan bayi Anda dengan bumbu alami jangan sampai terlalu merubah rasa hingga bisa saja bayi Anda malah menolak makanannya..

    Akan tetapi untuk pemberian garam sebaiknya jangan dulu.. Fungsi ginjal bayi Anda belum cukup matang untuk menyisihkan kelebihan mineral dalam garam dapur. Maka segala jenis menu dengan kandungan garam dapur, apalagi yang berlebihan, sebaiknya dijauhkan dari menu harian bayi Anda.

    Natrium sudah mencukupi dari bukan garam dapur, tubuh memang membutuhkan mineral natrium yang dapat diperoleh dari garam dapur, namun tak perlu mengonsumsi khusus garam dapur jika natrium yang terkandung dalam bahan makanan alami sudah mencukupi..

    Termasuk kecap, kita tahu garam dapur dalam kecap, kendati namanya kecap manis, kandungan garam dapurnya juga melebihi kebutuhan tubuh..

    Jadi sebaiknya Anda tunda dahulu pemberian garam atau sejenisnya pada makanan bayi Anda sampai bayi Anda berusia lebih dari 1 tahun.. itupun pemberiannya tidak boleh berlebihan.. ;-)

    Sepertinya bayi Anda tidak alergi susu sapi.. Anda bisa mencoba memberikan sufor susu sapi, apabila memang ada tanda-tanda bayi Anda alergi maka Anda hentikan pemberiannya..

  157. tipsbayi May 5, 2010 at 12:21 am #

    Elisabeth:

    Bayi Anda sudah mendapatkan MPASI maka semangat minum susunya akan sedikit berkurang, meskipun demikian ASI masih tetap makanan utamanya maka harus tetap Anda berikan minimal 4 waktu sehari..

    BAB-nya juga akan berbeda dengan ketika bayi Anda mendapatkan ASI saja.. bentuk, warna mungkin juga frekuensinya.. itu normal saja.. ;-)

    Sebenarnya Anda masih bisa memberikan ASI saja tanpa sufor meskipun Anda sibuk bekerja di luar rumah.. Anda bisa memerah/ memompa ASI Anda ketika Anda sedang dirumah, simpan ASI perahan pada botol di lemari es, berikan ASI tersebut pada bayi Anda oleh anggota keluarga yang lain ketika Anda tidak sedang dirumah. Jangan lupa hangatkan terlebih dahulu ASI tersebut, dengan cara merendamnya di wadah yang berisi air panas.. ;-)

  158. Solika May 3, 2010 at 7:16 am #

    Dear Tips Bayi,
    Bayiku skrg berusia 7 bln. Sudah aku kasi MPASI sejak umur 6 bln. Waktu pertama MPASI aku buat sendiri dari beras merah+sayur/buah, kadang2 dengan variasi bubur instan, tapi bebrapa hari ini bayiku mulai tdk suka dengan bubur buatan sendiri lebih menyukai yang instan. Apalagi waktu aku buatkan bubur kentang sama sekali tidak mau, bagaimana ya spy dia suka dengan bubur buatan sendiri lagi, apa perlu diberi penambah rasa? (seperti kecap maggi). Dan bayiku skrg minum sufor yang soya wkt umur 6 bln karena sebelumnya dia batuk selama 10 hr, oleh dokter disarankan susunya diganti soya sampai skrg, apa bisa saya ganti susu sapi yang biasa seperti sebelumnya krn kondisinya skrg sdh sehat dan dia tdk pernah menunjukka gejala alergi sebelumnya. Mohon tips dan sarannya. terima kasih

  159. Elisabeth May 3, 2010 at 3:12 am #

    allow tipsbayi….
    bayiku stlh d beri MPASI knapa kok minum susunya jadi berkurang ya??? gak sprti biasanya…trus kotoran BABnya jg ikut brubah menjadi wrna lebih gelap…
    oia ada satu lagi yg ingin aku tanyakan…setelah d tinggal kerja anakku,,d beri susu formula sbg tambahah jadi frekuensi minum ASI jadi berkurang…awalnya tdk ada masalah,,anakku mw minum kedua2nya,,yaa asi yaa susu formula…tapi stlh masuk usia 5 bulan,,anakku menolak bgitu d kasih ASI…sdikit d paksa ehhh anakku malah nangis…ada tips gak ya biar anakku mw minum ASI lagi????

    thx b4 ya tipsbayi…

  160. tipsbayi April 27, 2010 at 4:35 am #

    ummu nur hafid:

    Amiinn.. Kami juga senang Anda bisa bergabung dengan kami.. :-)
    Selamat bergabung.. !

  161. tipsbayi April 27, 2010 at 4:30 am #

    umah fathimah:

    Anda bisa pakai kedua-duanya.. ;-)

    Sendok bahan steinles Insya Allah tidak akan berpengaruh pada gigi bayi Anda..

    Untuk sendok plastik, pastikan bahannya aman dan bebas dari BPA..
    Banyak sekali botol-botol dan alat makan maka untuk menghindari atau meminimalisir dampak BPA pada si kecil kami berikan beberapa tips berikut:
    * Hindari penggunaan botol polikarbonat yang mengandung BPA. Sebagai gantinya gunakan botol bebas BPA, atau botol yang terbuat dari gelas/kaca.
    * Ketika membeli botol plastik, pilihlah botol yang menggunakan polypropylene/polyethylene, yang tidak keras dan tidak mengkilat.
    * Carilah tanda “BPA-free” pada kaleng atau botol susu yang Anda beli.
    * Hindari pemberian teether berbahan plastik/vinyl pada bayi.
    * Hindari memanaskan makanan dalam wadah plastik karena dapat memicu pelepasan BPA. Sebagai gantinya, gunakanlah wadah gelas/kaca atau keramik.
    * Cucilah botol dan wadah plastik dengan spons agar tidak merusak lapisan plastiknya.
    * Belajar membaca kandungan dalam plastik. Singkirkan produk plastik yang mengandung bahan-bahan seperti DBP dan DEP, DEHP, DMP. Gunakan polyethylene (#5), dan hindari polikarbonat (#7).
    * Jangan gunakan lagi botol plastik atau alat makan yang sudah tergores/rusak atau kusam.

  162. ummu nur hafid April 26, 2010 at 2:46 am #

    senang sekali akhirnya bisa menemukan komunitas ini.semoga ilmu yang dibagikan bisa saya terapkan dalam pengasuhan putra-putri saya

  163. umah fathimah April 25, 2010 at 2:23 pm #

    memberi makan bayi seharusnya pakai sendok plasti atau stenlis..kl pakai setenlis berpengaruhga sm gigi yg baru tumbuh ga?

  164. tipsbayi April 13, 2010 at 1:05 am #

    lin2:

    Wa’alaikum salam,
    Menu makanan untuk bayi usia diatas 1 tahun sudah hampir sama dengan orang dewasa, hanya beberapa jenis makanan saja yang perlu dihindari..

    Pemberian garam pada makaanan bayi setelah usia 1 tahun memang sudah diperbolehkan. Akan tetapi pemberiannya jangan terlalu berlebihan dan berikan pengenalan secara bertahap.. ;-)

  165. lin2 April 12, 2010 at 4:33 am #

    Ass..

    Saya selalu membuatkan makanan sendiri untuk anak saya. Setelah usia anak saya 1 th, saya memberikan garam secukupnya dalam makanannya, kadang saya beri sedikit santan. Menu yang biasanya saya berikan: soup, sayur bening , soto, kari, bobor, terik (gurih), dll. apakah garam sudah boleh diberikan utk anak diatas 1 tahun, jika boleh seberapa banyak penggunaanya? Memang jika tidak diberi garam sayurannya terasa hambar, mengingat sekarang dia sdh mulai mengerti rasa. terima kasih.

  166. tipsbayi April 3, 2010 at 3:17 am #

    ibu nishrin:

    BB bayi Anda cukup ideal..
    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

    # 1. Kalau BAK-nya tidak mencret/ diare Anda jangan khawatir. Sepertinya memang bayi Anda lebih banyak makan maka banyak ampas yang harus dibuang.

    #2. Penyerapan ASI oleh tubuh sangat berbeda dengan sufor yang diserap oleh tubuh. ASI banyak yang diserap sedikit yang dibuang, sedangkan sufor sebaliknya.

    #3. Sudah menjadi biasa apabila bayi kita makan MPASI banyak maka minum susu-nya akan sedikit berkurang.. ;-)

    Pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat.

    Untuk memastikan apakah bayi Anda masih dalam kategori normal, kurang atau berlebih, Anda dapat mengecek atau membandingkannya melalui kurva Lubchenko yang terdapat pada buku pantau tumbuh-kembang bayi atau KMS (Kartu Menuju Sehat) dari Puskesmas atau Rumah Sakit. Nah, berdasarkan kurva tersebut, parameter untuk mengetahui pertumbuhan bayi tidak hanya dilihat dari pertambahan BB, tapi juga tinggi badan dan ukuran lingkar kepala..

    Agar berat badan bayi Anda tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.. ;-)

  167. tipsbayi April 3, 2010 at 3:01 am #

    santy andriany:

    Wa’alaikum salam Wr. Wb.,

    Untuk bayi Anda sebaiknya Anda berikan buah-buahan yang rasanya manis dan teksturnya lembut, serta baunya tidak terlalu menyengat. Maka apabila demikian Anda sudah tidak memerlukan lagi gula sebagai perasa tambahan.. Karena sebaiknya Anda jangan memberikan dahulu perasa tambahan pada makanan bayi Anda seperti garam atau gula sebelum bayi Anda berusia 1 tahun..

    Adapun cara penyajiannya tidak selalu harus dijus bisa dengan cara di peras, di kerok atau dilumatkan.. ;-)

  168. ibu nishrin April 1, 2010 at 9:52 am #

    dear tips bayi, aku mau nanya bayiku umur nya skrng enam setengah bulan BB waktu 6 bln kemaren 8 kg, dia mulai mulai makan mpsi buatanku sendiri, kebetulan dia minum sufor yang sekarang ganti untuk usia 6 bln keatas. yang mau aku tanyakan sejak ganti susu BAK nya jadi lebih sering kenapa ya?, apa pengaruhnya terhadap BB bayiku?. dan lagui sejak mulai makan minum susunya berkurang nggak sesuai dengan target yang hrs di capai di tabel, aku takut BB nya tambah turun makasih atas jawabannya

  169. bayi sehat

  170. santy andriany March 15, 2010 at 10:54 am #

    Ass.Wr.Wb…..
    dear tips bayi…
    saya mau tanya kalau mau membuat aneka juice buah(sari buah) buat bayi apa boleh memakai tambahan gula putih??karena mungkin kalau tidak memakai tambahan gula rasa buahkan terkadang ada rasa asam nya…apa tidak berbahaya buat bayi????

  171. tipsbayi March 12, 2010 at 4:29 am #

    wien:

    Selamat datang di TipsBayi.com…

    Sebenarnya bayi yang gemuk itu tidak selalu sehat lho! Makanya sebelumnya kami ingin tahu dulu, BB bayi Anda berapa ya? Mungkin saja masih tergolong normal. Selama masih tergolong normal, Anda tidak perlu terlalu khawatir kok…

  172. wien March 11, 2010 at 8:05 pm #

    Salam kenal semuanya,aku br ikutan nie…tips bayi aku mau sedikit tanya tentang anakku yg skr ini,
    Dia usianya 6 bln,tp kenapa beratbadannya nambahnya hanya sediikit sekali sekitar 2-3ons tiap bulannya
    Padahal bayiku minum ASI,bagaimana ya caranya biar sie kecilku ini cepat gemuk??
    Timakasih sebelumnya

  173. tipsbayi March 11, 2010 at 4:47 am #

    eka:

    Sajian selagi fresh memang sangat bagus.. Nagasari terbuat dari tepung beras kan? Rasanya tidak terlalu manis kan? Boleh kok Anda berikan sebagai fariasi. Kueh lapis yang tidak terlalu lengket dan tidak terlalu manis boleh juga Anda berikan..

    Untuk margarin Anda bisa cari yang unsalted (tawar)..
    Anda bisa memberikan buah-buahan yang rasanya manis, tekstur seratnya lembut dan tidak berbau menyengat. Seperti: Jeruk baby / jeruk medan, mangga manis, pisang, melon, alpukat, pepaya, pear, apel, dll..

    Untuk penyimpanan ASI atau sufor yang telah dilarutkan, penyimpanan dalam suhu ruangan suhu tidak lebih dari 25° Celsius ASI akan bertahan selama 4-6 jam. Penyimpanan dalam lemari es dengan suhu 0°–3.9° Celsius, susu akan bertahan selama 2-3 hari.

    ASI itu kan tergantung dengan mindset kita. Kalo di pikiran Anda ditanamkan pesan bahwa “ASI saya pasti cukup buat bayi saya!”, itulah yg akan terjadi.. sebaliknya dalam benak kita terus menerus ada kekuatiran, “Duh, ASI saya sedikit banget, kayanya ngga cukup deh..” ya itu pula yg akan terjadi.. ;-)

    ASI itu hukumnya supply dan demand. semakin banyak disusui dan dipompa akan
    semakin banyak berproduksi.. Jadi meskipun ASI-nya belum keluar sebaiknya coba terus Anda berikan pada bayi Anda..

  174. eka March 8, 2010 at 2:58 pm #

    tips
    saya selalu membuatkan makanan sendiri.makanan yg saya masak langsung saya sajikan karena takut nanti keburu rusak n membahayakan bayi saya.memang agak ribet berkali-kali masak.
    sebenarnya setelah dimasak nasi tim bertahan berapa lama?oh ya apa boleh bayi diberi makanan seperti nagasari atau kue lapis.anak saya 8,5 bulan.kalo pake margarin apa tidak mengandung garam juga?
    buah apa yg bisa langsung dimakan untuk bayi 8,5 bulan?
    sufor bisa tahan berapa lama pada suhu kamar setelah dibuat,karena ASI saya tidak lancar malah kadang mampet g mau keluar sama sekali.
    terima kasih.

  175. tipsbayi March 5, 2010 at 3:31 am #

    wawan Cisaga:

    Nggak pakai ASI ya.. Apakah ASI-nya tidak keluar? Sebenarnya pemberian ASI sangat berperan. Karena kandungan ASI sangat baik sekali. Sistem imunitasnya tinggi.. Tidak ada sufor yang mahal sekalipun dapat menandingi ASI..

    ASI itu kan tergantung dengan mindset kita. Kalo di pikiran Anda ditanamkan pesan bahwa “ASI saya pasti cukup buat bayi saya!”, itulah yg akan terjadi.. sebaliknya dalam benak kita terus menerus ada kekuatiran, “Duh, ASI saya sedikit banget, kayanya ngga cukup deh..” ya itu pula yg akan terjadi.. ;-)

    ASI itu hukumnya supply dan demand. semakin banyak disusui dan dipompa akan
    semakin banyak berproduksi.. Jadi meskipun ASI-nya belum keluar sebaiknya coba terus Anda berikan pada bayi Anda..

  176. wawan Cisaga March 2, 2010 at 5:55 am #

    Makasih banget semua infonya, cuma bayinya baru 1 bulan nggak pake asi

  177. tipsbayi February 15, 2010 at 2:56 am #

    ion:

    Waduh mohon maaf keselip nih.. :-)

    Nehli sudah banyak giginya ya.. Hmm.. Sebenarnya NORMAL kalau bayi usia 1 tahun apabila menyusu sering gigit puting. Karena usia segitu masanya Nehli bereksplorasi dengan gigitannya.. Hanya ya Bundanya jelas jadi sakit.. :-)

    Saran.. Setiap kali Nehli menggigit, kalau bisa Anda jangan bereaksi berlebihan dengan teriak, marah atau mencabut paksa (maaf) payudara yang lagi dihisap.
    Sepertinya reaksi seperti itu justru memancing bayi Anda untuk mengulangi menggigit lagi. Lebih baik ekspresinya diganti dengan meringis pelan. Perlahan jauhkan payudara darinya. Ajak Nehli komunikasi, Anda bisa katakan “Jangan ya sayang, bunda sakit..” Setelah itu Anda susui lagi.. Kalau menggigit lagi, ulangi lagi.. Dan jangan sampai lupa sampaikan dengan senyuman.. :-) Insya Allah, kalau Anda menyampaikannya dengan senyum, Nehli akan paham.. Soalnya kecenderungan kita manusia lebih mudah menyerap informasi yang disampaikan dengan senyuman, betuk kan?

    Lama-lama Nehli akan paham konsep sebab-akibat..
    Jika Nehli menggigit –> Nehli tidak bisa minum ASI
    Jika Nehli menggigit –> bundanya meringis, sepertinya sakit –> kasian bundaku

    Yang terpenting… JANGAN hentikan pemberian ASI.. ;-)

  178. anggya February 13, 2010 at 3:27 am #

    dear tips bayi
    saya sekarang lagi hamil 7 bulan anak pertaama, saya mau nanya pada umur berapa sich sebaiknya bayi itu dikasih makanan padat????

  179. meity February 6, 2010 at 7:49 am #

    dear tipsbayi… trims atas tipsnya
    mau tanya lagi.. anak saya 8 bln saya membuat bubur + kentang + brokoli kadang jg campur dg wortel… apakah ketubuhan gizi sudah mencukupi. Jika saya campur mentega pada makanannya.. apakah boleh setiap hari ? dan berapa byk mentega utk tiap kali campur ?

  180. ion January 27, 2010 at 4:55 am #

    tips… Si Nehli kan udah punya banyak gigi ada 8 biji hehehe… tp karena itu waktu minum ASI dia sambil gigit puting susu ibunya bahkan sampe luka/lecet. udah di kasih pelindung tp dianya ga mau. gimana cara ngatasinya ya…

  181. ion January 27, 2010 at 4:40 am #

    m kasih atas reply nya….
    NEHLI sampai sekarang belum imunisasi campak, kan udah hampir satu tahun,apa ngga pa-pa ya?

  182. tipsbayi January 26, 2010 at 1:53 am #

    Bunda Raykhal:

    Sama-sama.. Kami turut senang bisa membantu para Bunda, dan Insya Allah kami tidak akan bosan menjawab semua pertanyaan sebatas kemampuan kami .. ;-)

  183. tipsbayi January 26, 2010 at 1:49 am #

    ion:

    Maaf telat nih.. :-)

    Untuk keponakan Anda, diagnosa kedua dokter mengarah sama ke TB, maka kami sarankan ikuti terus petunjuk dan konsultasi terus dengan DSA keponakan Anda dan buatlah ventilasi rumah dengan baik, agar sinar matahari masuk dengan baik, serta makan makanan bergizi. Semoga lekas sembuh.. ;-)

    Untuk nehli puteri Anda, kurang nafsu makan sehabis sakit itu biasa, berikan terus MPASI sesuai jadwalnya meskipun hanya masuk sedikit carilah makanan alternatif yang bayi Anda senang yang penting berikan ASI terus jangan putus..

    Leukosit nehli sebenarnya masih tergolong NORMAL kok.. Karena standar normal bayi dengan dewasa berbeda..

  184. Bunda Raykhal January 21, 2010 at 5:17 am #

    trims Tips atas reply.ny yg sangat membantu
    Tips emang TOP,, smg ga bosen utk trus eksis jwb pertanyaan dr para bunda

  185. ion January 19, 2010 at 1:12 pm #

    tips, putri saya umur 10 bulan namanya nehli, akhir2 ini makannya kurang sekali, kemarin habis panas selama 4 hari, udah di tes darah, takutnya kena DB ato Tipus, alhamdulillah negatif. cuman leukosit sampe 18 ribu. padahal yg normalkan cuma 13 ribu (?) kenapa ya? dia udah bisa bediri sambil bepegangan di meja. Apa karena mau belajar jalan ya? mhon sarannya dong.. txs

  186. ion January 19, 2010 at 12:55 pm #

    salam tipsbayi, ponakan saya umur 19 bulan, ada benjolan di belakang telinga kiri bawah, udah di rontgen dan di bawa ke DSA, di bilang TB. trus ke DSA lain buat 2nd opinion, di suruh tes mantux (?) dan darah. Untuk tes mantux positif tapi darahnya negatif. trus di kasih obat hematason (?) dan vitamin. minta sarannya dong….

  187. tipsbayi January 17, 2010 at 3:02 pm #

    mama fakhri:

    Anjuran untuk memberikan MPASI (Makanan Pendamping ASI) adalah setelah bayi Anda melewati usia 6 bulan. Bahkan menurut DSA, sebenarnya gizi bayi akan tercukupi dengan ASI hingga ia berusia 9 bulan.

    Namun memang sebagian bayi pada usia 5-6 bulan bahkan 4 bulan ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

    1. Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
    2. Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
    3. Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
    4. Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
    5. Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

    Jika setiap kali Anda mencoba menyuapkan makanan kepada si kecil dan lidahnya terus mendorong makanan tersebut keluar, berarti dia belum siap diberi MPASI. Kalau begitu, jangan dipaksa… ;-)

    Untuk pemberian air tajin boleh-boleh saja akan tetapi TAJIN, walaupun berasal dari beras, namun karena yang dikonsumsi hanya airnya, nilai gizinya sangat rendah.”Memang ada zat pati dan vitaminnya, tapi sedikit sekali. Kandungan proteinnya pun mungkin tak ada. Jadi bisa dibilang, kandungan kalori air tajin sangat kecil.” Tapi dibandingkan air biasa, air tajin memang lebih bagus, karena di dalamnya terkandung tambahan kalori. Karbohidratnya pun mudah dicerna oleh tubuh.

  188. tipsbayi January 17, 2010 at 8:22 am #

    Leni Susilowati:

    Benar.., kulit ayam kurang baik salah satunya kolesterolnya tinggi.. ;-)

  189. tipsbayi January 16, 2010 at 10:24 am #

    Bunda Raykhal:

    Hmm.. Saran kami berikan saja apa yang kira-kira Raykhal mau..tidak mengapa Anda berikan makanan untuk 6 bulan, akan tetapi kalau Raykhal mau berikan makanan buatan sendiri agar Anda bisa merubahnya sedikit demi sedikit tekstur makanannya dan.. apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

    Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

    1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
    2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
    3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
    4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
    5. Mudah
    6. Hemat

    Raykhal agak susah makan mungkin juga Raykhal akan tumbuh gigi..

    BRAVO juga untuk bunda callysta dan Bunda Raykhal.. ;-)

  190. Ummu kamil&nabil January 16, 2010 at 5:43 am #

    Assalamualaikum..
    tips sy memberi bayi saya tepung beras merah di campur gula merah,susu sapi(2 sendok kemasan) & madu.
    yang saya tanyakan apa gpp bayi mengkunsumsi gula merah?

  191. mama fakhri January 13, 2010 at 9:56 am #

    Tips bayi anak saya umur 4 bulan dengan berat 5 Kg,apakah bayi sudah bisa diperkenalkan makanan padat dan jenis apa saja yang boleh,ortu juga menyarankan untuk diberikan air tajin ( rebusan beras ) yang dicampur susu karena katanya bagus untuk bayi,tapi saya masih agak takut klo itu belum boleh dan saya baca juga katanya jangan dulu di beri sari buah yang berasa kecut seperti jeruk apakah jeruk baby yang manis sdh boleh,tolong banget yach tipsnya,thanks.

  192. Leni Susilowati January 13, 2010 at 2:45 am #

    tips apa betul kalo masak ayam buat mpasi sebaiknya tidak dg kulitnya

  193. Bunda Raykhal January 12, 2010 at 6:28 am #

    BRAVO untuk situs ini…!!!
    sy ada pertanyaan nech,,Mohon dijawab yah, anak sy skrg berusia genap 8bln, tp sering nolak kalo sy beri mkn tim saring atau blender apalagi yg agak nggrenjel,, sebalikny klo dikasih bubur susu atw bubur instant kyk cereal, nestle atw promina dy lumayan mau. Last time dy diberi makan usia 6bln, wlpn dgn susah payah karena smua makanan dy tolak,tp alhamdulillah skrg dy mau makan, walaupun msh dlm porsi minim (3 sdk mkn) dalam sehari. Menurut tips bgmna??
    tks

  194. bunda callysta January 7, 2010 at 6:18 am #

    waaahhhh… bravo buat tips, menjawab semua apa yg jadi pertanyaan saya, maklum baru punya baby 7,5 bulan. buat para komentator yg lain thanks buat sharing pengalamannya yaaaaaaaaa……….

  195. tipsbayi January 7, 2010 at 4:41 am #

    ion:

    Kalau memang usia bayi Anda 10 bulan berat badannya 8 kg memang agak kurang, akan tetapi Anda jangan khawatir kalau bayi Anda masih kuat makan dan minum susunya juga bayi Anda tidak rewel, berarti bayi Anda insya Allah sehat kok.. ;-)

    Pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat. Secara umum pertambahan BB dapat dikategorikan dalam hitungan sebagai berikut:

    * Triwulan pertama : 600- 1200 gram per bulan

    * Triwulan kedua : 500-600 gram per bulan

    * Triwulan ketiga : 350-450 gram per bulan

    * Triwulan keempat : 150-250 gram per bulan

    Kalau mau dihitung-hitung lagi, rata-rata berat bayi ketika 6 bulan menjadi dua kali berat lahir. Sementara, pada usia satu tahun menjadi 3 kali berat lahir.

    Untuk memastikan apakah bayi Anda masih dalam kategori normal, kurang atau berlebih, Anda dapat mengecek atau membandingkannya melalui kurva Lubchenko yang terdapat pada buku pantau tumbuh-kembang bayi atau KMS (Kartu Menuju Sehat) dari Puskesmas atau Rumah Sakit. Nah, berdasarkan kurva tersebut, parameter untuk mengetahui pertumbuhan bayi tidak hanya dilihat dari pertambahan BB, tapi juga tinggi badan dan ukuran lingkar kepala..

    Agar berat badan bayi Anda tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang seimbang. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang cukup. Teruslah berikan ASI.. tidak ada sufor yang bisa menandingi kandungan ASI.. :-)

    Untuk pure dari freezer dihangatkan sebanyak porsi yang akan disajikan jangan sampai sisanya dibekukan kembali..

  196. ion January 6, 2010 at 1:06 pm #

    sori ada yang ketinggalan nih, waktu umur 8 bulan beratnya kira 8 kg, tapi setelah sakit (mau merangkak) turun jadi 7,5 kg. sekarang ni kayaknya sih kembali 8 kg (blum ditimbang sih….). kalo di liat dari tabel kartu BB bayi sih masih kurang. bener ga

  197. ion January 6, 2010 at 1:00 pm #

    tips, salam kenal…. baby ku tgl 11 ni udah 10 bulan. makannya kuat, susu botol + ASI pun kenceng tapi koq berat badannya kayaknya ga nambah-nambah kenapa ya? ma kasih dulu. eh satu lagi pure yang di masukan ke freezer tu kalo mau dicair in langsung sekaligus semua ya ato di ambil pake sendok dulu trus di cair in gitu ato gimana?

  198. tipsbayi January 4, 2010 at 2:58 am #

    Leni Susilowati:

    Bagaimanapun Anda mengolah kacang hijau atau kedelai sebaiknya Anda merendamnya selama 4 jam agar cepat lunak, lebih bagus juga bila kulitnya dikupas.. ;-)

    Penyimpanan tim saring sama dengan cara penyimpanan pure diatas, penyimpanannya di freezer ya..

    Penyimpanan tim di lemari es tidak akan berair kok..

  199. Leni Susilowati December 28, 2009 at 7:59 am #

    tips mau nanya lg he he… yg diatas aja blm dijawab ya tips. Kalo penyimpanan tim saring gmn ya tips apa sm jg kaya penyimpanan pure. nasi timnya jd lembek/berair nggak kalo dismpen d kulkas. Tlg dijawab ya tips tenkyu so much….

  200. Leni Susilowati December 28, 2009 at 7:30 am #

    tips tolong donk, gmn cara masak kacang hijau & kacang kedelai utk bayi 7,5 bln. mksh byk ya tips, sukses sll buat Tips Bayi :)

  201. tipsbayi December 26, 2009 at 4:36 am #

    dwi wahyu:

    Benar sekali.. bila bayi Anda kekurangan ASI atau cairan maka bayi Anda akan mengalami dehidrasi.. Dan ASI masih makanan utama bayi Anda, posisi ASI meskipun bisa diganti dengan sufor akan tetapi kandungannya jauh lebih baik ASI bahkan tidak akan ada yang menyamai..

    Untuk panduan yang mudahnya, sebaiknya Anda berikan ASI atau sufor sesuai permintaan bayi Anda, karena kebutuhan setiap bayi berbeda-beda.. ;-)

    Karena sudah mengenal MPASI maka kebutuhan susu sekitar 300-400 cc setiap hari..

  202. dwi wahyu December 26, 2009 at 2:38 am #

    Mau nanya nih berapa liter air/susu instan/ASI yang hrs dikonsumsi bayi usia 12 bln? apakh apabila kurang mengkonsumsi dapat menyebabkan dehidrasi/sariawan?
    @ummu ghisa : tlg dech kl nanya yg ada relevansinya dg tips bayi qt2..aja & TQ !

  203. ummu ghisa December 25, 2009 at 1:05 pm #

    wah,ini baru info baru…makasih banyak ya…tp bolehkah sy mengenal penanggung jwb artikel ini?? PM jg boleh… mksh bnyk y

  204. tipsbayi December 24, 2009 at 3:08 am #

    ummu ghisa:

    Pemberian kacang-kacangan pada bayi tergantung jenis. Bahkan bila ia memiliki bakat alergi makanan maka pemberian kacang-kacangan pada bayi setelah berusia 1 tahun..

    1. Kacang hijau dan kacang kedelai sebaiknya diberikan setelah bayi umur 6 bulan.
    2. Kacang polong ( kapri) dan kacang merah bisa diberikan setelah bayi berumur 8-10 bulan.
    3. Kacang tanah dan golongan tree nuts sebaiknya diberikan setelah bayi berumur 1 tahun.

    Memang terkadang terdapat sedikit perbedaan pendapat diantara sesama ahli gizi atau dokter. Kami yakin untuk menyikapi hal seperti ini Anda bisa menentukan pilihan yang terbaik dan bijaksana.. ;-)

  205. ummu ghisa December 23, 2009 at 2:28 am #

    kok pertanyaan sy yg trahir lum d jwb..sy tunggu y,mksh…

  206. tipsbayi December 22, 2009 at 3:59 am #

    dwi wahyu:

    Bayi Anda masih suka ASI maka Anda jangan terlalu khawatir..

    Untuk pemberian vitamin sebaiknya Anda konsultasikan dan periksakan dahulu dengan DSA atau ahli gizi, karena setiap bayi akan berbeda kebutuhan jenis vitamin yang diperlukannya.. :-)

    Meskipun boleh memberi vitamin sebagai penambah nafsu makan, tetap harus dicari penyebabnya, kenapa bayi tidak senang makan? Karena anak, apalagi bayi, sulit makan bisa karena berbagai penyebab.

    Dan.. sepertinya sariawan pada bayi Anda yang menyebabkan bayi Anda susah makan. Maka Anda harus berusaha mengobati sariawannya. Sariawan pada bayi, umumnya disebabkan jamur. Dan hati-hatilah menyuapi bayi Anda bahkan makanan pun sebaiknya yang lembut atau cair. Prinsipnya, yang mudah ditelan dan suapi setelah makanan agak dingin agar tak menambah luka. Makanan yang banyak mengandung vitamin C dan B dapat mempercepat proses penyembuhan, misalnya buah-buahan dan sayuran hijau. Sedangkan kekurangan vitamin C bisa mempermudah timbulnya kembali sariawan.

    Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

    * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

    * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

    * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

    * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda.. :-)

    * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya ..

  207. ummu ghisa December 21, 2009 at 9:23 am #

    boleh tahu,siapa saja dokter dan ahli gizinya..maaf jika kurang sopan..tp mnurut saya,itu akan meningkatkan profesionalisme tipsbayi sendiri kok.

    oya,saya mau nanya,setahu sy dari buku,daging dan kacang2an sebaiknya diberikan umur 8bln ke atas,itu buku dari 3 orang ahli gizi lho..lulusan dari universitas bonafide..tp knp d tips bayi ,malah dah boleh diberi umur 6bln. Boleh tahu literaturnya dari mana? makasih banyak ya..

  208. dwi wahyu December 21, 2009 at 7:23 am #

    Anak sy umur 12 bln tapi susah sekali utk makan dan minum (MPASI), ia lebih suka ASI, sehingga BB turun..saat ini ia jg kena spt sariawan (putih2 di dinding dlm bibirnya) ! ada tips agar bayi mau makan?? apa perlu tambahan sirup vitamin?

  209. tipsbayi December 21, 2009 at 4:37 am #

    ummu ghisa:

    Insya Allah tim kami profesional kok.. :-) Nara sumber tim kami ada dokter dan ahli gizinya juga kok..

    Untuk copy paste.. silahkan.. ;-)

  210. tipsbayi December 21, 2009 at 4:32 am #

    Titi:

    Bisa.. ;-) Anda bisa mencampurkan jus apel misalnya. Atau buah-buahan yang manis lainnya.

  211. tipsbayi December 21, 2009 at 4:29 am #

    muhammad:

    Ya benar untuk kecap jangan dulu deh.. ;-)
    Untuk kacang polong pilih yang segar atau yang kemasan.. Maaf agak telat nih…

  212. ummu ghisa December 21, 2009 at 1:09 am #

    sy penggemar situs ini,tp gk bs komen krn pake hp. Bolehkah saya tahu,PJ setiap artikelnya? adakah ahli gizinya? krn ada bbrp artikel yg mbuat sy bingung jk dibanding dg literatur yg sy miliki. tp kebanyakan mmang sangat bermanfaat. makasih banyak

  213. ummu ghisa December 21, 2009 at 1:07 am #

    mohon ijin untuk copy paste tulisan dari tipsbayi dan ummu husain. Boleh ya.. makasih

  214. ummu ghisa December 21, 2009 at 1:05 am #

    sy penggemar tipsbayi sejak lama, tp tdk bs komen krn pake hp. Klo boleh tahu,siapakah PJ dari setiap artikel di situs ini? adakah ahli gizi? karena ada bbrp artikel yg mbuat sy jd sdkt bingung jk sy bandingkan dg literatur2 yg sy miliki. Tp kebanyakan mmang sangat bermanfaat. Makasih sblumnya.
    oya,mohon ijin kpd tipsbayi dan ummu husain untuk copy paste tulisannya. bolehkah?
    makasih

  215. Titi December 20, 2009 at 3:25 pm #

    Hai tips..kalau air jeruk atau buah dicampur dg beras merah atau beras putih untuk menambah rasanya,bisa gak ya..? Makasih tips..

  216. muhammad December 20, 2009 at 1:22 am #

    tips, gimana neh ko ga da infonya aza?

  217. Edgar mom December 19, 2009 at 2:02 pm #

    tips, kalau bayi pup-nya agak keras diberi apa ya?
    anak saya sdh 5,5bln dan sudah diberi makanan padat.
    awalnya saya beri tepung beras merah (beli jadi tp tdk instan), pup-nya normal.
    setelah diberi tepung beras putih (bikinan sendiri) mulai keras, tiap dia mengejan sambil menangis, sudah 2 hari ini.

    apakah 3 sdm tepung beras pth + 200ml surfor terlalu kental?

  218. muhammad December 18, 2009 at 5:01 am #

    tips, jadi kecap manis belum bisa ya untuk bayi? alhamdulillah aku browse disini jadinya ga jadi aku bikinin baby tim pake kecap manis.
    tips, kacang polong bagus yang kaleng atau yang kemasan? soalnya aku pengen coba kasih baby kacang-kacangan.maaf ya banyak tanya.

  219. tipsbayi December 17, 2009 at 3:36 am #

    bundanya izzi:

    Fungsi ginjal bayi Anda belum cukup matang untuk menyisihkan kelebihan mineral dalam garam dapur. Maka segala jenis menu dengan kandungan garam dapur, apalagi yang berlebihan, sebaiknya dijauhkan dari menu harian bayi Anda.

    Natrium sudah mencukupi dari bukan garam dapur, tubuh memang membutuhkan mineral natrium yang dapat diperoleh dari garam dapur, namun tak perlu mengonsumsi khusus garam dapur jika natrium yang terkandung dalam bahan makanan alami sudah mencukupi.. ;-)

    Termasuk kecap, kita tahu garam dapur dalam kecap, kendati namanya kecap manis, kandungan garam dapurnya juga melebihi kebutuhan tubuh..

    Jadi sebaiknya Anda tunda dahulu pemberian garam pada makanan bayi Anda sampai bayi Anda berusia lebih dari 1 tahun.. itupun pemberiannya tidak boleh berlebihan..

    Untuk membuat gurih makanan bayi Anda.. Sebaiknya jangan menggunakan perasa tambahan yang lain. Anda bisa menggunakan air kaldu yang bisa Anda buat sendiri.. ;-)

  220. bundanya izzi December 16, 2009 at 7:59 am #

    wah infonya bagus bgt. saya sdh mencoba membuat bubur tepung sendiri buat izzi, dan diia sangat senang sekali dengan bubur buatan saya. soalnya saya sempat tergantung dengan bubur instan. BABnya jg sdh lancar, krn saya kasih tomat saring. o ya tips bayi, kapan saat bayi sdh boleh mengkonsumsi garam (makanan yg gurih)? thnx b4 ya infonya…

  221. tipsbayi December 16, 2009 at 3:05 am #

    Anonymous:

    Bagi bayi yang belum tumbuh gigi memang kebanyakan menolak makanan yang “ngegrenjel” atau agak kasar. Meskipun demikian tetapi tidak ada salahnya bahkan harus kita coba merubah tekstur makanannya secara bertahap. Dengan cara merubah kekentalannya dulu, bubur bayi Anda tetap lembut tapi agak kental. Anda juga bisa membiasakan bayi Anda memegang biskuit agar terbiasa terhadap makanan yang “ngegerenjel” tetapi tetap bisa lembut..

    Pertumbuhan gigi pada setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan gigi yang sama. Ada bayi yang sudah muncul giginya pada usia 4 bahkan 3 bulan. Ada juga yang sudah berusia 12 bulan tapi belum muncul gigi SATU pun.

    Faktor keturunan sangat berpengaruh..

    Mungkin Anda dan/atau suami Anda pun memiliki sejarah yang sama dengan bayi Anda… :-)

    KAPAN SITUASI MENJADI SERIUS?
    —————————————————

    Jika anak hingga berusia 14 bulan masih belum memiliki SATU gigi pun, maka bisa jadi ini merupakan “ectodermal dysplasia”, sebuah kelainan yang berhubungan dengan faktor keturunan juga.

    Ada baiknya Anda kunjungi link berikut:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/gigi-bayi-anda-muncul-jangan-khawatir#comment-2540

  222. Anonymous December 15, 2009 at 6:24 am #

    wah informasinya berguna banget, tapi anak saya kenapa ya agak sulit makan yg agak kasar padahal usianya mau 9 bulan dan giginya juga belum keluar, kenapa ya?

  223. tipsbayi December 15, 2009 at 3:57 am #

    suriyanti:

    Sama-sama.. ;-)

  224. tipsbayi December 15, 2009 at 3:57 am #

    herny makale:

    Memang benar, lebih baik jangan mengkonsumsi bayam lebih dari 5 jam. Makan bayam fresh setelah dimasak akan lebih enak dan aman.. :-)

    Bayam mengandung zay besi yang berupa Fe2+ (ferro), kalau terlalu lama kontak dengan O2 (Oksigen), Fe2+ akan teroksidasi menjadi Fe3+ (ferri). Walaupun sama-sama zat besi, yang berguna bagi kita adalah ferro. Sedangkan ferri bersifat toxid pada bayam..

    Jadi takut mengkonsumsi bayam?? JANGAN …. soalnya kandungan nutrisinya sangat BESAR..bahkan ada yang mengatakan bayam disebut sebagai KING oF VEGETABLES ;-)

    Anda bisa baca artikel terkait:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/nitrat-dalam-sayuran

  225. tipsbayi December 15, 2009 at 3:50 am #

    Trias:

    Zahra lagi GTM.. :)
    Cara meningkatkan bubur saring ke kasar yaitu dengan merubah sedikit demi sedikit kekentalannya dulu. Bubur zahra masih tetap saring (lembut tidak “ngegerenjel”) tapi agak berubah sedikit dari encer ke kental.

    Anda juga bisa membiasakan zahra memegang biskuit agar terbiasa terhadap makanan yang “ngegerenjel” tetapi tetap bisa lembut kan?

    Meskipun GTM.. pasti zahra lapar juga kok, maka pintar-pintarlah Anda mencari makanan pengganti makanan pokoknya.. ;-)

  226. suriyanti December 14, 2009 at 3:08 pm #

    thanks ya buat semua tips2nya. saya jd banyak tau lho…

  227. herny makale December 14, 2009 at 1:52 pm #

    wow….tipsnya oke, tapi mengenai sayur bayam katanya penggunaannya hanya dalam waktu 2 jam setelah dimasak karena setelah itu manfaatnya sdh gak ada dan gak bs di angetin!? gimana tuch??? :)

  228. Trias December 14, 2009 at 12:34 pm #

    He2… Nyindir nih krn sering banyak tanya?
    Insyaallah masih tetap nanya2 kok di rubrik ini… ya pingin ngucapin terima kasih khusus saja…
    Si Zahra lagi GTM (gerakan tutup mulut) nih! masih pusing cari sabab musababnya he3…
    Bgm ya cara ningkatin tekstur bubur saring ke kasar? blm tumbuh gigi trus klo ada sdkt sj yg nggrenjel dilepeh… ( loh masih nanya kan?… )

  229. Leni Susilowati December 14, 2009 at 4:01 am #

    oohh gpp ya tips, sblmnya aku takut makanannya cpt basi kalo dicampur. iya bener jg ya tips sarannya… ok aku coba deh. lain kali aku minta saran lg ya, mksh byk. sukses sll buat tips bayi ;)

  230. tipsbayi December 14, 2009 at 3:54 am #

    Leni Susilowati:

    Dicampur bisa.. dipisah juga baik.. Hanya saja kalau dipisah Anda bisa bebas mencampurnya dengan apa saja dalam sajian satu porsi makan.. ;-)

  231. tipsbayi December 14, 2009 at 3:51 am #

    Trias:

    Sama-sama.. Amin.. Eh memangnya Anda mau pergi kemana? Masih tetap setia di rubrik ini kan? Seperti yang mau berpisah saja .. :-)

  232. Leni Susilowati December 14, 2009 at 1:49 am #

    tips…. minta saran nih, utk penyimpanan pure di kotak es batu apa hrs satu jenis bahan makanan saja per kotaknya atau boleh dimix. misalnya gini tips, aku biasa memberi bubur beras merah apel utk anakku, nah cara penyimpanannya bubur beras merah sendiri pure apel sendiri atau boleh lgs dicampur ke2nya? Tlg dijawab ya tips… maksh byk… :)

  233. Trias December 12, 2009 at 8:03 am #

    Makasih banyak ya Tips atas sgl masukkannya slm ini, smg Allah yg membalasnya … Amin

  234. tipsbayi December 12, 2009 at 2:53 am #

    wiwit:

    Sama-sama.. ;-)

  235. tipsbayi December 12, 2009 at 2:50 am #

    Andy:

    Terima kasih sharingnya.. ;-)

  236. tipsbayi December 12, 2009 at 2:47 am #

    Iya:

    Anda bisa memberikan terus ASI walaupun memang Anda juga bisa memberikan susu kedelai bahkan ada susu khusus yang hipoalergenik akan tetapi kwalitas ASI belum bisa terkalahkan.

    Dengan memberikan ASI lebih lama. Maka langkah ini akan menambah kekebalan bayi terhadap zat yang menimbulkan alergi.

    Bahan makanan yang boleh diberikan:
    * Tepung beras putih/merah, oatmeal
    * Semua jenis sayur dan umbi-umbian, kentang, wortel, ketela pohon, ubi jalar, lobak, bengkuang, bawang, buncis, brokoli, dsb
    * Tahu, Tempe
    * Kedelai, kacang hijau, kacang merah, kacang panjang, mie dari beras / bihun.

    Berikut ini salah satu jadwal pemberian MPASI untuk bayi yang bisa Anda ikuti:
    (jadwal ini adalah untuk bayi berusia 6-9 bulan dan diterapkan secara bertahap)

    Pukul 06.00 (bangun tidur)
    ASI/PASI

    Pukul 08.00 (makan pagi)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 10.00
    Buah segar/ biskuit (tidak mengandung susu sapi)

    Pkl. 12.00 (makan siang)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 14.00 (sebelum tidur siang)
    ASI/PASI

    Pkl. 16.00
    Buah segar/ biskuit (tidak mengandung susu sapi)

    Pkl. 18.00 (makan malam)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 21.00
    ASI/PASI

    Selamat mencoba :)

    Untuk takaran makan berikan sesuai kesiapan dan berikan dengan bertahap.. ASI bisa sesuai permintaan bayi Anda..

  237. tipsbayi December 12, 2009 at 2:11 am #

    dewi:

    Hmm.. bayi Anda sudah terbiasa dengan rasa tambahan gula dan garam ya? Itu terbentuk karena kebiasaan maka sebenarnya bisa dirubah kembali sedikit demi sedikit dengan KEBIASAAN juga.. Coba Anda biasakan dulu untuk tidak menambahkan garam atau gula pada makanannya.

    Anda bisa menyajikan variasi makanan lain dengan campuran keju atau margarin sebagai pengganti garam. Untuk rasa manis Anda bisa membubuhkan ASI/Sufor sebagai pengganti gula bisa juga pemberian bubur jagung manis atau pure buah-buahan.

    Selamat mencoba.. ;-)

  238. tipsbayi December 12, 2009 at 1:56 am #

    Tria:

    Lagi-lagi keselip ya.. :-)

    Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang cukup. Perencanaan pola makan dengan gizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Prinsip penyajian makanan bisa berdasarkan piramida makanan.

    Pada dasar piramida adalah jenis kelompok karbohidrat (nasi, mie, roti, sereal, pasta) yang merupakan sumber energi utama. Kelompok ini dapat dikonsumsi dengan porsi terbesar yaitu sekitar 60-70%.

    Baris kedua adalah kelompok serat yang merupakan sumber vitamin dan mineral. Kelompok ini dapat dikonsumsi dengan porsi yang cukup banyak.

    Baris ketiga yang terdiri atas sumber protein dan mineral yang merupakan zat pembangun. Makanan sumber protein hewani dan nabati, susu dan produknya. Sesuai dengan bentuk piramida, semakin ke atas tentunya kebutuhan akan bahan makanan ini semakin sedikit. Pada kelompok ketiga kebutuhannya tidak sebesar sayuran dan buah. Puncak dari piramida atau zat yang paling sedikit kita butuhkan merupakan kelompok lemak dan minyak . Yang termasuk di dalamnya antara lain : minyak goreng, lemak dari daging sapi / ayam, permen dan coklat. Kelompok ini menghasilkan banyak kalori namun sedikit kandungan gizinya.

    Maka untuk bayi Anda yang usia 9 bulan, Anda bisa menyajikan makanannya dengan prinsip penyajian makanan berdasarkan piramida makanan tersebut dengan memenuhi beberapa prinsip, yaitu gizi seimbang sesuai dengan umur, aktifitas, dan jenis kelamin; variatif; dan tidak berlebihan .. ;-)

  239. wiwit December 12, 2009 at 12:05 am #

    terima kasih atas infonya…. saya sekeluarga sangat senang sekali atas info yang diberikan.. terima kasih yaaa…..

  240. Trias December 11, 2009 at 7:20 am #

    Tips pertanyaanku yg ini keselip ya ?
    “Usia bayiku hampir 9bln, Bgm cara menyajikan menu yang sesuai dengan nilai gizi seimbang? juga ukurannya? “

  241. tipsbayi December 11, 2009 at 3:46 am #

    bunda nabil:

    Uraian ummu husain cara membuat kaldu sudah lengkap.. Cara menyimpannya bisa seperti cara penyimpanan pure atau makanan bayi di atas. Anda bisa menggunakan wadah es batu. Sendokkan kaldu ke dalam kotak-kotak wadah es batu, simpan dalam freezer. Lalu tutup dengan menggunakan plastic wrap untuk makanan apabila sudah mengeras.

    Kaldu ayam atau sapi pada makanan bayi Anda itupun sudah cukup gurih.. Anda tidak usah membubuhi garam. Fungsi ginjal bayi Anda belum cukup matang untuk menyisihkan kelebihan mineral dalam garam dapur. Maka segala jenis menu dengan kandungan garam dapur, apalagi yang berlebihan, sebaiknya dijauhkan dulu dari menu harian bayi Anda.. :-)

  242. ummu husain December 11, 2009 at 3:12 am #

    ohya teman, pembuatan kaldu daging atau ayam yakni dengan merebus daging atau ayam tersebut berserta tulangnya, rebus dengan api kecil sampai air rebusan tinggal setengahnya.. untuk menambah pengharum dapat menggunakan daun salam, untuk penyedap dapat menggunakan daun bawang, bawang bombay atau bawang merang goreng sebagai taburan setelah tim jadi. jadi ga usah dikasih garam lagi kan??
    mau bikin jus tanpa gula supaya enak, caranya dengan memblender buah potong tanpa tambahan air ke blender kecil (biasanya blender bumbu), misal melon, karena kandungan airnya cukup banyak dapat diberikan dengan menggunakan dot. tetapi apabila mangga, karena hasilnya akan kental maka dapat menggunakan sendok untuk memberikannya. tanpa gula, si kecil makan buah yang dilumatkan, sehingga dia dapat merasakan rasa alami buah-buahan.

  243. ummu husain December 11, 2009 at 3:04 am #

    hai aku ummu husain ingin sharing sm kamu ya… pada anak yang alergi susu sapi?? hmm… memang susu sapi hanya untuk sapi, tetapi pada keadaan tertentu dimana si ibu tidak bisa memberikan ASI, yah, gimana lagi kalau bukan ngasih susu sapi sebagai solusinya..
    berikan ASI hingga 6 bulan yakni ASI eksklusif, anak yang diberi ASI ekslusif akan lebih cerdas dibanding anak yang tidak diberi ASI eksklusif (selain kita memperhatikan stimulasi dan lingkungan juga tentunya. note: kecerdasan anak dipengaruhi oleh nutrisi, stimulasi dan lingkungan) dan di dalam ASI itu terdapat zat-zat kekebalan immunoglobulin yang tidak akan pernah dijual di dunia ini (makanya anak yang diberi ASi lebih kebal dibanding anak yang hanya minum susu formula, karena ASI sehat), kandungan DHA pada asi jauuuuuh lebih banyak dari pada kandungan DHA yang ada pada susu formula (selama ini banyak orang tertipu akan DHA yang ada pada susu formula). DHA sangat mahal harganya, sehingga impossible apabila DHA pada susu formula menyamai DHA pada ASi, dan … sudah tahu kan kalau DHA alami jauuuuh lebih baik daripada sintetis. tentunya anak yang diberi asi akan lebih cerdas. pada asi 6 bulan pertama juga mengandung gangliosida yang konon berfungsi sebagai pengkoneksi sel2 saraf otaknya..semakin banyak sel saraf yang terkoneksi, maka semakin baik perkembangan otaknya.. jadi jelas bukan bahwa asi lebih unggul dari produk susu manapun? dan semua kelebihan asi yang tidak dapat saya tuliskan disini…asi lebih mudah terserap dibanding susu sapi, asi tidak mengandung protein susu sapi sehingga tidak mungkin menyebabkan alergi, apalagi sampai mencret alias lactosa intolerrance.dsb
    saya yakin, tuhan menciptakan manusia bersama makanannya, yakni asi. kalau ada ibu yang menyangkal “ASI punya ku ga keluar pada anak pertama”. ah, saya fikir itu ibu yang kurang berusaha. terus massage saja payudaranya sampai kolustrum benar2 keluar dan akhirnya ASI keluar juga.. bahkan ada ibu baru yang terus berusaha agar anaknya tetap diberi ASI walaupun ASI baru keluar 1,5 bulan kemudian. wow!hebat, saya salut sama ibu yang sabar ini…
    memang terkadang dilema bagi ibu yang ingin memberikan susu formula. alergi susu sapi? bukan berarti ibu tidak bisa memberikan susu sapi lho… berikan saja susu sapi dengan protein sapi terhidrolisa (HA) banyak produk pasar yang menawarkan seperti nestle NAN HA, Nutrilon HA, tentunya harganya lebih mahal dibanding susu sapi biasa. terhidrolisisnya protein pada susu sapi mencegah timbulnya reaksi alergi pada bayi. namun sebagai alternatif lain yaitu susu soya. saya tidak menyudutkan produk manapun, tetapi pada keadaan-keadaan tertentu susu sapi lebih dianjurkan dibanding soya. dan soya pun dapat digunakan dengan seizin dokter anak tersebut.
    pada anak yang alergi susu sapi, tidak ada pantangan dalam makanannya, apabila makanan yang diberi tidak menyebabkan alergi. bagaimana cara mengetahui anak tersebut alergi terhadap makanan tertentu? misal telur, apabila diberi telur hanya sekali tidak mengapa, lalu diberi berulang akan terjadi ruam pada kulit atau gejala alergi lainnya (bisa asma, ruam kulit, melepuh, batuk, bisul dll). maka telur dihentikan. begitu juga produk lainnya. dapat juga diberi ikan, ayam, dsb selama dia tidak alergi. tentu dengan sayur mayur di dalamnya.
    oh ya, kenapa sih koq biasanya telur, ikan, udang, ayam koq bisa menyebabkan alergi ya? jadi makanan2 tersebut adalah makanan high protein. mengandung kadar protein yang tinggi. sedangkan dalam tubuh kita terdapat reaksi berlebihan terhadap kadar protein yang tinggi yakni dikenal dengan reaksi hipersensitivitas, tubuh kita jadi sensitir terhadap protein tertentu, hingga timbul reaksi alergi, pengeluaran sel radang pada kulit (bisul), atau bronkus (asma) dsb.
    mengenai jadwal makan pada bayi, sesuaikan dengan usianya. bila bayi tersebut aktif, yakni banyak bergerak, ini akan lebih banyak memakan kalori, sehingga lebih baik bayi makan dalam porsi yang kecil namun sering. jangan memaksakan bayi untuk menghabiskan makanannya, karena bisa jadi bayi akan kehilangan nafsu makan dikemudian hari karena dia sudah membenci acara makannya.
    berikan makanan dalam bentuk sangat cair di awal pengenalan pada makanan padat, dilanjutkan dengan pemberian makanan cair, lalu agak kental, kental, kasar, dan kemudian nasi. bayi pada usia 6 – 8bulan harus diberi makanan lumat, karena pencernaan bayi yang belum sempurna, 9-12 bulan makanan tim, 12 bulan nasi lembik dst.
    pada awal pengenalan makanan padat dapat diberikan biskuit yang dilumerkan dengan air atau susu sampai agak cair, agar bayi tidak kaget karena sebelumnya terbiasa minum susu yang cair, berikan semau bayi, ingat, jangan memaksa bayi untuk menghabiskan makanannya. pemberian sayuran jus atau buah jus juga dapat diberikan pada usia 6 bulan ini. dengan jadwal sehari makan 1 kali pada siang hari selama seminggu sebagai perkenalan dan 2 kali pagi dan sore pada minggu selanjutnya, dapat diselingi buah ketika mulai 7 bulan pada siang hari.
    dah dulu ya.. aku lagi browsing2 nih.. nti dilanjut deh klo aku bisa share lagi…

  244. tipsbayi December 11, 2009 at 2:37 am #

    mamnya aurel:

    Kami tidak bosan kok.. ;-)
    Bahkan sebaliknya.. kami senang.. Salam hangat juga untuk Anda sekeluarga..

  245. Andy December 11, 2009 at 1:50 am #

    putra saya umur 1 bulan pernah alergi susu, wujud alerginya adalah batuk sampe susah nfas(sepertinya tenggorokanya gatal), lalu saya ganti susu soya (kedelai) ampe sekarang, alhamdulillah,obat saya hentikan, batuk hilang dgn sndirinya, sampe skrg masih minum susu soya.perubahannya adalah anak manjadi gemuk dan kenceng(sehat), trs respon otaknya jg sangat bagus,. anak saya skrg umur 3 bulan sdh d kasih makan bubur bayi, sdh kuat lehernya dan sudah bisa d ajak bercanda.smga bermanfaat.tks

  246. Iya December 10, 2009 at 3:00 pm #

    Dear tips bayi,bayi saya skarang 5bln,dia alergi susu sapi,lalu makanan apa saja yg bisa saya berikan dan aman utk dia nanti,dan bgmn jadwal makan yg baik utk bayi,trimakasih sebelumnya ya

  247. dewi December 10, 2009 at 9:35 am #

    dear tips bayi, thx atas infonya, kebetulan anak saya usianya 8,5 bln selama ini sudah terbiasa makanannya sy beri garam & gula dlm jumlah sedikit, bagaimana cara membiasakan bayi sy mengkonsumsi makannya tanpa garam, karena sy pernah tdk memberi gula, bayi sy gak mau memakannya, tolong informasinya

  248. bunda nabil December 10, 2009 at 5:36 am #

    tips, bagaimana cara membuat kaldu daging sapi or ayam? dan bagaimana cara menyimpannya?oh ya tips apa ya pengganti garam karena nabil tidak mau makan klo g dikasih garam, pernah saya kasih keju aja tanpa garam tapi nabil makannya tidak selahap dikasih garam? padahal nabil kan baru umur 7 bln.
    terima ksih ya tips atas jawabannya…….

  249. mamnya aurel December 10, 2009 at 4:27 am #

    eh,..ada yg ketinggalan
    tips thax ya info2 nya sangat bermafaat..
    moga tips ga pernah bosen jwb questions dr saya
    salam hangat untuk smua dari aurel’s family :)

  250. mamnya aurel December 10, 2009 at 4:25 am #

    wah…senenggggg bgt bisa kenal sm tips bayi n rekan2 smua yg udh banyak kasi masukan. trutama buat ibu baru yg muda spt saya..thx ya smuanya..:)

  251. tipsbayi December 10, 2009 at 3:23 am #

    Deas:

    Salah satu cara membuat “Pure Kacang”, kacang merah/kacang hijau/kacang polong yang direbus dengan kaldu (bisa juga air biasa) hingga empuk kemudian di haluskan dengan blender. Pastikan blender dan alat saji berlabel food grade agar aman bagi bayi.

    Untuk penyimpanannya Anda bisa mengikuti uraian diatas.. ;-)

    Untuk penyajiannya pure bisa dicampur ASI/ Sufor..

  252. tipsbayi December 10, 2009 at 3:04 am #

    Trias:

    Yogurt mulai bisa dikonsumsi bayi selepas ASI eksklusif, yakni sekitar usia 6 bulan. Tentu saja YOGURT BUAT BAYI bukan sembarang yoghurt melainkan yoghurt yang mengandung Bifidobacterium sp. Setelah usia setahun barulah anak dapat mengonsumsi semua jenis yogurt.. yang dianjurkan adalah tidak lebih 200 cc, untuk menjaga keseimbangan saluran cernanya..

    Untuk merk apa saja deh.. yang penting YOGURT BUAT BAYI.. ;-)

  253. Trias December 9, 2009 at 11:42 am #

    Usia bayiku hampir 9bln, Bgm cara menyajikan menu yang sesuai dengan nilai gizi seimbang? juga ukurannya? Thanks

  254. Deas December 9, 2009 at 8:09 am #

    Dear Tips bayi..Bayi sy umur 6 bln pd 18 desember nanti, sdh sy beri mpasi sejak umur 4,5bln. minggu depan rencana nya sy mau menyajikan kacang hijau atau kacang merah, bagaimana cara membuat pure kacang hijau atau kacang merah, serta cara penyimpanan nya agar bisa dikonsumsi selama 1 minggu, tks

  255. Trias December 9, 2009 at 4:51 am #

    Yogurt bisa diberikan pada bayi di usia berapa? pemberiannya bgm? apa di mix dengan makannan lain? merk apa ya yg aman untuk bayi? Thanks

  256. tipsbayi December 9, 2009 at 2:04 am #

    ummu husain:

    Benar dan jelas sekali keterangan dari Anda.. Terima kasih ini sangat berguna untuk kita semua.. ;-)

  257. tipsbayi December 9, 2009 at 1:59 am #

    ilmul_kh:

    Hmm.. itu memang tidak dianjurkan.. Jadi sebaiknya kita menyajikan porsi untuk makan bayi kita sesuai dengan kesanggupan satu kali habis. Lebih baik berkali-kali nambah daripada makanannya tidak habis lalu dimasukin frezer dan berkali-kali dihangatkan. Selain akan merusak kandungan gizinya juga dari air liur bayi Anda yang telah menempel pada makanan akan mempercepat proses pembusukan makanan, sehingga dikhawatirkan akan berpengaruh pada kesehatan bayi Anda.. ;-)

  258. ummu husain December 9, 2009 at 1:48 am #

    ok, thx ya tipsbayi. aku cuma mau nambahin, klo bayi memang sebaiknya makanannya itu tidak dikasih garam dapur, karena kebutuhan natrium bayi sudah tercukupi oleh makanannya sendiri yakni misal ayam dsb. selain itu pemberian zat tambahan seperti garam dan gula akan merusak pola makan bayi di kemudian hari. apabila bayi sudah terbiasa mendapatkan makanan yang gurih, maka suatu saat kmudian dia ingin meminta yang gurih-gurih dan tidak menyukai makanan yang tidak gurih, inilah masalahnya, kenapa anak usia dibawah 3 tahun malah lebih suka makan mie instant dibanding makanannya sendiri. dan pola makan pun dirusak dengan camilan-camilan yang mengandung MSG, sehingga anak lebih suka ngemil dibanding makan makanannya yang sehat.akibatnya kebanyakan usia balita anak susah makan, lebih suka makan chiki, karena pola makan telah dirusak oleh rasa makanan itu sendiri. begitu pula rasa yang manis, maka anak akan cenderung menyukai rasa-rasa manis seperti coklat dsb. maka tidak heran apabila jajan anak sekarang lebih besar dari pada makannya.
    penambahan gula pada jus buah juga sebaiknya dihindari, biarkan saja bayi merasakan rasa alami buah yang sesungguhnya, tanpa gula sebagai pemanis. dan alangkah baiknya sebelum diberi jus buah maka diberi jus sayur dahulu, seperti jus brokoli atau jus wortel, sehingga anak lebih dahulu mengenal rasa sayur dibanding rasa buah, ini untuk mencegah anak tidak suka makan sayur dikemudian hari karena lebih dulu mengenal dan menyukai rasa buah yang manis.
    jadi, penambahan gula atau garam sebaiknya tidak dianjurkan, biarkan saja anak merasakan rasa alami makanan tersebut. kalau rasa ayam ya rasa ayam dst.

    pada memerah asi, agar dapat awet, maka dapat disimpan dalam kulkas refrigerator yang dapat bertahan hingga 3 hari, atau dibekukan dalam freezer maka dapat bertahan hingga 3 bulan. jangan lupa menyimpan dalam plastik yang bersihdan diberi tanggal dan jam keluarnya asi tersebut. mencairkannya kembali dengan merendam plastik tersebut dalam air keran. bila sudah cair, dapat dimasukkan botol yang selanjutnya direndam dalam air termos untuk menghangatkannya. jangan merebus asi apalagi hingga mendidih karena akan merusak kandungan asi tersebut termasuk zat2 kekebalannya. asi di dalam botol yang tidak diawetkan dapat bertahan hingga 8 jam. jangan menyimpan kembali ke dalam kulkas asi yang sudah diminum melalui dot. karena sudah tercemar bakteri rongga mulut.

    ok, thx tipsbayi, kapan-kapan bisa sharing.

  259. ilmul_kh December 8, 2009 at 11:05 am #

    terima kasih infonya, saya ndak nyangka dalam frezeer ternyata bisa sampai 30 hari, cuman boleh ndak makanan bayi yg dari frezzer ini karena ndak abis sama bayi diberikan untuk beberapa kali difrezeer kemudian dipanaskan lagi, kalau bisa untuk berapa kali hal itu bisa dilakukan

  260. tipsbayi December 8, 2009 at 4:26 am #

    nia kurnia:

    Peraslah ASI (bagus dengan alami) lalu masukan dalam botol atau plastik khusus sebanyak takaran satu kali sajian, simpanlah di prezer jangan lupa memberikan tanggal. Apabila akan menyajikan, keluarkan ASI dari frezer ke refrigerator selama 5 jam. Atau jauh-jauh sebelum jadwal minum susu, minimal satu jam, keluarkan botol ASI beku dan rendam di dalam mangkuk berisi air keran. Setiap kali air rendaman terasa makin dingin, maka ganti terus beberapa kali. Kalau bisa sampai sebagian besar atau malah seluruh ASI mencair. Setelah itu campur air rendaman dengan air termos – biar tidak terlalu panas – sehingga asi nantinya tidak berwarna kekuning-kuningan. Kalau punya waktu lebih lama lagi sih, turunin saja dulu dari freezer ke refrigerator, lalu ikuti proses di atas..

    Jauhkan penyimpanannya dari barang berbau.. Jangan memasukan kembali ASI sisa yang tidak habis diminum..

    Apabila memang hanya untuk cadangan ASI ketika akan ditinggalkan kerja saja tidak berhari-hari atau bermingu-minggu, maka disimpan pada referigerator pun tidak apa-apa kok.. tidak harus di frezer.. ;-)

  261. tipsbayi December 8, 2009 at 4:06 am #

    mamnya aurel:

    Fungsi ginjal bayi Anda belum cukup matang untuk menyisihkan kelebihan mineral dalam garam dapur. Maka segala jenis menu dengan kandungan garam dapur, apalagi yang berlebihan, sebaiknya dijauhkan dari menu harian bayi Anda.

    Natrium sudah mencukupi dari bukan garam dapur, tubuh memang membutuhkan mineral natrium yang dapat diperoleh dari garam dapur, namun tak perlu mengonsumsi khusus garam dapur jika natrium yang terkandung dalam bahan makanan alami sudah mencukupi.. ;-)

  262. tipsbayi December 8, 2009 at 4:02 am #

    wienca:

    Untuk makanan instan bisa saja asalkan bukan sisa makanan. Artinya setelah Anda menyeduhnya sebagian disimpan di lemari es itu boleh. Tapi bila makanannya sudah tersentuh oleh sendok untuk nyuapin bayi Anda dengan kata lain air liur bayi Anda sudah nempel pada makanan.. sebaiknya jangan Anda simpan untuk waktu lama.. ;-)

  263. Sri Mariyati December 8, 2009 at 2:40 am #

    Saya sangat terima kasih sekali atas info tentang makanan. My Baby sekarang sudah 6 bulan, saya ada memperkenalkan bayi saya dengan makanan padat, seperti bubur, biskuit juga dgn juice. Saya lihat bayi saya sangat senang dgn juice jeruk, dgn makanan padat dia hanya makan 3 s/d 4 sendok saja setelah itu dia tdk mau lagi. Setiap pagi sebelum saya brangkat ke ktr, saya beri dia bubur sereal yg siap saji (Promina) jam 8 pagi dia mulai cerewet mau tidur saya beri dia susu. Siangnya dia baru diberikan biskuit & jus. Dgn adanya info ini bisa membantu saya utk membuat makanan bayi sendiri. Terima Kasih yah..!!!

  264. Leni Susilowati December 8, 2009 at 1:15 am #

    wah keren bgt infonya, ternyata ada yg aq blm tau ttg makanan baby, kebetulan bgt anakku skrg usia 6,5 bln sdh mulai aq kasih pure buah gitu, n tar lg ngikutin tips dr Tips Bayi diatas mw kasih ayam & daging, thx bgt ya Tips.

  265. nia kurnia December 7, 2009 at 8:11 am #

    trimakasih atas info tentang makanan dan penyimpanan makanan bayi.sungguh saya baru tahu.jika boleh saya minta tips penyimpanan asi

  266. mamnya aurel December 7, 2009 at 6:47 am #

    wah info yg bagus ne,
    knp ya tips : “pastikan anda tidak membubuhkan garam ke dlm makanan bayi” alasan nya knp y tips..

  267. herna December 7, 2009 at 5:49 am #

    infonya menarik..sangat membantu para ibu yang MPASI nich.tx

  268. aidin makadomo December 7, 2009 at 4:04 am #

    Saya sebagai bapak yang awam masalah makanan bayi,sangat berterima kasih kepada Tips Bayi yang tidak henti2x memberikan petunjuk sedetail mungkin sehingga dapat dimengerti oleh kalangan Bapak-bapak……….terimah kasih sekali lagi buat TIPS BAYI……

  269. wienca December 7, 2009 at 1:59 am #

    thanks atas tipsnya,
    sy mw tny, apakah untuk makanan instan yang sudah dibuat juga bisa diperlakukan sama, karena sering kali anak saya tidak menghabiskan makanannya.

  270. andy December 7, 2009 at 1:58 am #

    terima kasih, ilmu baru sll saya dapat dari info ini.menciptakan manusia yg bekualitias utk menunjang pembangunan bangsa. tks…

Leave a Reply