Tips Memilih Box Bayi Yang Aman

Bukan maksud kami menakut-nakuti, tapi ternyata ada juga lho kasus kematian bayi yang disebabkan oleh kurang hati-hatinya orang tua dalam memilih dan mengatur box bayi (ranjang bayi) mereka.

Di antara kasus kematian bayi tersebut, ada yang disebabkan bayinya terjepit di antara kasur dan pinggiran box bayi, ada yang karena lehernya terlilit oleh kain atau bagian baju bayi yang kemudian tersangkut di bagian box bayi yang menonjol, dan sebagainya.

Oleh karena itu, penting juga Anda mengetahui beberapa hal penting seputar memilih box bayi (ranjang bayi) yang aman…

Kasur

Pastikan kasur yang menyertai box bayi tersebut padat, betul-betul pas ukurannya dengan ranjang, serta keempat pojok kasur tersebut tersangkut dengan baik ke setiap pojok ranjang. Kebanyakan kecelakaan yang berkaitan dengan box bayi disebabkan oleh bayi yang kehabisan napas karena terjepit di antara kasur dengan pinggiran (pagar) box.

Untuk menguji keamanan kasur, Anda bisa mencoba menyelipkan jari-jari Anda di bagian pinggirnya. Jika ternyata lebih dari 2 jari Anda bisa masuk, berarti kasurnya kurang besar.

Kisi-kisi Pagar

Berikutnya Anda harus mengecek apakah kisi-kisi (railing) yang menjadi pagar box bayi tersebut aman. Sebaiknya jarak antar kisi ini tidak lebih dari 6 cm, sehingga kaki dan tangan bayi Anda tidak bisa terselip di antaranya.

Bagian-bagian Kecil

Cek juga bagian-bagian kecil pada seluruh box bayi. Lihat apakah ada sekrup yang longgar, cat yang terkelupas, serta setiap bagian rusak yang bisa membahayakan bayi Anda. Periksa apakah box tersebut memiliki bagian yang bisa menyebabkan pakaian si kecil tersangkut.

Periksa juga kekuatan dan kekokohan box tersebut, terutama jika Anda membeli yang bekas. Ingat, keselamatan bayi Anda jauh lebih penting daripada uang. Jangan mentang-mentang ingin hemat, Anda mengabaikan keselamatan si kecil!

Jika Anda menemukan bagian yang membahayakan keselamatan bayi Anda, perbaikilah… atau cari box yang lain…

Rencana Jangka Panjang

Baik jika Anda membeli box bayi sebelum maupun setelah bayi Anda lahir, sangatlah bijaksana jika Anda memilih box yang bisa memenuhi kebutuhan Anda untuk jangka panjang.

Perhatikan tinggi pagar box. Jangan terlalu rendah, sehingga nantinya bisa dipanjat oleh bayi Anda ketika ia semakin besar nanti. Bagus juga jika Anda memilih pagar yang bisa dibuka atau digeser ke bawah, untuk memudahkan Anda ketika mengakses bayi Anda. Hanya saja, pastikan sistem buka-tutupnya sangat aman untuk keselamatan si kecil.

Periksa juga kasurnya. Apakah masih nyaman jika digunakan oleh bayi yang berat badannya kelak akan bertambah?

Selamat berburu box bayi yang aman :-)

.

.

Artikel yang berhubungan:

  1. Hati-hati Memilih Lokasi Tidur Bayi Anda!
  2. Gendongan Bayi: 4 Kriteria Memilih

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

, , ,

22 Responses to Tips Memilih Box Bayi Yang Aman

  1. Anonymous January 8, 2011 at 7:03 am #

    anak saya Nazriel 10 bulan pas berat badannya 7,5 kg dan tingginya 72. sejak usia 7 bulan berat badannya gk naik-naik tapi tinggi nya mengalami kenaikan. saya jadi kuatir kalau anak ku kurang gizi dan tergolong kurus. sejak usia 7 bulan juga anak ku mulai susah makan, susah makannya di mulai saat anak ku mulai tumbuh gigi. sekali tumbuh langsung 2 di bawah, 2 lagi di atas saat usia 8,5 bulan. sampai usia 10 bulan susah makan terus, padahal segala menu sudah di coba tapi selalu di emut kemudian di lepeh. hanya masuk paling banyak 3 sendok. kadang air liurnya banyak dan suka menggigit barang yang di pegangnnya. kata orang anak ku tergolong kecil. walau kecil tapi aktif banget dan jarang sakit. susunya masih di kasih ASI sejak lahir. belum bisa merangkak dan belajar jalan. tapi saat di taruh di baby walker, kadang suka lari-lari dan jalannya aktif banget. yang ingin saya tanyakan, apakah perkembangan anak saya bagus dan tergolong bayi kurang gizi gk? soalnya beratnya gk naik-naik

    • tipsbayi January 17, 2011 at 4:31 am #

      @ Anonymous,

      Tinggi Nazriel termasuk ideal dengan usianya. Sedangkan untuk BB Nazriel masih tergolong normal, karena masih di atas 80% BB normal untuk bayi Indonesia, meskipun terlihat agak kecil ya..? Anda jangan terlalu khawatir.. Perlu diingat, pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat. Secara umum pertambahan BB dapat dikategorikan dalam hitungan sebagai berikut:

      * Triwulan pertama : 600- 1200 gram per bulan

      * Triwulan kedua : 500-600 gram per bulan

      * Triwulan ketiga : 350-450 gram per bulan

      * Triwulan keempat : 150-250 gram per bulan

      Untuk memastikan apakah bayi Anda masih dalam kategori normal, kurang atau berlebih, Anda dapat mengecek atau membandingkannya melalui kurva Lubchenko yang terdapat pada buku pantau tumbuh-kembang bayi atau KMS (Kartu Menuju Sehat) dari Puskesmas atau Rumah Sakit. Nah, berdasarkan kurva tersebut, parameter untuk mengetahui pertumbuhan bayi tidak hanya dilihat dari pertambahan BB, tapi juga tinggi badan dan ukuran lingkar kepala..

      Nazriel susah makan ya..? Untuk mendorong anak Anda makan makanan yang bervariasi, Anda bisa mencoba:

      • Membuat makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      • Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      • Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      • Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikitsedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun bayi Anda akan berterima kasih suatu hari nanti! ;-)

  2. natali May 26, 2010 at 11:27 am #

    wah…trnyata tips ini sangant membantu saya..maklum ini anak pertama usia kandungan saya baru lima bulan….mudah2an saya dapat box yang baik dan aman…

  3. tipsbayi May 6, 2010 at 2:20 am #

    allen, ny.angga, farah:

    Sama-sama.. ;-)

  4. farah May 4, 2010 at 12:43 am #

    tx ya,infonya,aku jd tau sekarang ternyata memilih box bayi bukan masalah yg sepele………………

  5. ny.angga January 25, 2010 at 5:14 am #

    tanks ya…………
    berkat tips bayi , aq jadi tau cara memilih box bayi yang bener…………
    wlwpun aq harus mengganti dgn box bayi baru

  6. allen November 24, 2009 at 12:16 pm #

    tq bgty………………………..

  7. tipsbayi August 1, 2009 at 3:58 am #

    Kei Delilah’s mom :

    Iya juga ya.. susah juga kalau browsingnya di HP.., ide bagus bisa kami pertimbangkan.. ;-)

  8. Kei Delilah's mom July 31, 2009 at 12:39 pm #

    Thx 2 tipsbayi.com yg artikel2x amatsangat memberi manfaat bagi qt2 yg beranakpinak. Tp ada usul sdkt ni, nyusun comments-nya akan lbh enak lg kl yg ter-update dtaro diawal, jd qt2 g brulang2 bc yg lama2. Aplg bwt ibu2 ‘mengasuh-anak-sndrian’ ky sy, browsingx cm smpt dr hp, g ada scrollnya jd ssh bgt kl hrs ngebawahin cursor. But anyway twothumbs bwt tipsbayi.com

  9. Die July 30, 2009 at 2:28 pm #

    Tips nya lengkap banget, pas buat saya yang sedang menunggu kelahiran
    anak pertama

  10. kris July 6, 2009 at 3:28 pm #

    terima kasih atas tipsnya kebetulan baru puny baby

  11. tipsbayi June 22, 2009 at 4:49 am #

    Dhany Okta Ramdhani :

    Nama yang bagus.. :-)

    Tapi bila Anda ingin memilih nama-nama keren berbau islami silahkan saja Anda download laporan GRATIS
    “853 Nama Bayi Islam” di:

    http://tipsbayi.com/download/NamaBayiIslam.pdf

  12. Dhany Okta Ramdhani June 21, 2009 at 3:51 pm #

    anak saya yg pertama seorang perempuan akan saya beri nama Nadine Fadila Ramdhani, kira2 bgs tidak?tolong juga bantu cari artinya

  13. tipsbayi May 8, 2009 at 3:20 am #

    diaz:

    Senang bisa membantu :)

    Untuk menerima email pemberitahuan dari kami, silahkan Anda bergabung (gratis kok) dalam newsletter kami. Silahkan isikan nama dan alamat email Anda di:

    http://www.tipsbayi.com/kematian.html

    Selamat bergabung :)

  14. diaz May 7, 2009 at 10:58 am #

    wah..saya baru pertama kali buka situs ini&menurut sy artikel2ny bgs bgt..sangat membantu saya yg punya baby umur 5 bln…
    KLo ada yg punya resep2 bubur bayi yg baru tlg krm ke email saya y…diaz_ns@yahoo.com,,,
    thanks lho sebelumnya,,,

  15. Free-for-tips April 16, 2009 at 9:05 am #

    Wah ini bermanfaat banget infonya, soalnya saya punya dua anak yang kecil-kecil, jadi kakaknya kadang suka gangguin adeknya yg masih bayi…

    Trims infonya ya
    Free-for-tips

  16. yuda April 10, 2009 at 3:13 pm #

    Sampai dibaca artikel menarik di atas saya tidak pernah memikirkan hal tersebut, karena saya anggap memilih box bayi adalah hal sepele. Tapi sekarang saya harus memperhatikan hal tersebut demi keselamatan dan kenyamanan bayi saya.

    Terima kasih artikelnya.
    http://www.000babyname.com

  17. Nesa April 7, 2009 at 7:59 am #

    Waduh, ternya sebahaya itu ya… ck.ck.ck.
    Jadi takut neh..
    Makasih ya dah di kasih tau

  18. Naviri March 31, 2009 at 10:42 am #

    Bagus sekali & sangat puas dengan informasinya

  19. yana March 21, 2009 at 4:11 am #

    terima kasih ya, tipsnya bermanfaat sekali. kehamilan saya sudah memasuki bulan ke-8, saya sedang mulai mengumpulkan berbagai keperluan untuk bayi saya nanti. termasuk box bayi. dan tips tadi cukup membantu ;]

  20. musley March 19, 2009 at 2:42 am #

    terima kasih ya, karena saat ini saya sedang mempertimbangkan untuk membeli box bayi, dengan begitu kami bisa memilih box dengan baik demi keamanan bayi saya.

  21. bunda atha March 18, 2009 at 4:53 am #

    terimaksih akhirnya kekawatiran saya tentang box bayi terjawab juga

Leave a Reply