Tips Agar Rambut Bayi Tumbuh Lebat, Tebal dan Sehat

rambut bayi tebal dan lebatApakah benar menggunduli rambut bayi bisa membuatnya kemudian tumbuh subur dan lebat?

Begini sebenarnya…

Rambut pada bayi adalah rambut velus, yaitu rambut sementara yang akan habis setelah usianya mencapai 1-3 bulan. Artinya, walaupun Anda tidak menggunduli rambut bayi Anda, sebenarnya rambut bawaan lahirnya tidak akan terbawa seumur hidupnya, karena semuanya akan rontok dan akan digantikan dengan rambut yang baru :)

Rambut bayi bisa saja tumbuh tebal tanpa digunduli dan sebaliknya, ada juga sebagian bayi yang walaupun sudah digunduli tetap saja rambutnya tipis. Artinya, tebal atau tipisnya rambut bayi sangat dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan.

Loh, tapi seringkali setelah digunduli rambut bayi memang terasa dan nampak lebih tebal tuh?

Ya, tapi bukan berarti rambutnya bertambah… Lebih tebalnya rambut si kecil disebabkan rambut velus yang tadinya berbentuk lancip, setelah dipotong maka jadi berbentuk tumpul. Rambut tumpul inilah yang kemudian tumbuh, sehingga rambut si bayi menjadi lebih tebal. Begitulah penjelasannya berdasarkan ilmu kesehatan.

Jadi, rambut bayi tidak perlu digunduli?

Tetap, menggunduli rambut bayi yang baru lahir memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan kulit kepalanya. Banyak kerak kotoran yang menempel dan menutup pori-pori kulit kepalanya akan terbuang sehingga kulit tersebut akan bersih dan ‘bisa bernafas’ dengan baik.

Gizi yang Baik Menghasilkan Rambut Bayi yang Sehat

Inilah sebenarnya kunci sehatnya rambut bayi. Selain dari faktor genetik atau keturunan, faktor gizi juga sangat mempengaruhi pertumbuhan rumbut bayi Anda. Pastikan bayi Anda menerima asupan:

  • Protein – telur, ikan, daging, susu, kacang-kacangan sangatlah baik sebagai sumber protein.
  • Asam lemak Omega-3 – ikan salmon, kacang kenari, minyak ikan, kedelai, kembang kol dikenal sebagai sumber bagi zat ini.
  • Zat Besi – lentil, bayam, kacang merah, tomat, kentang memiliki kandungan zat besi yang banyak.
  • Vitamin – buah-buahan, sayuran, kacang hijau, gandum mengandung banyak vitamin, terutama vitamin A, B dan C

Jika bayi Anda masih dalam masa ASI Eksklusif (6 bulan), maka ibunyalah yang harus mengkonsumsi berbagai asupan bergizi ini. Jika bayi Anda sudah diberi MPASI, maka selain ibunya, berbagai asupan bergizi di atas sebaiknya Anda sertakan dalam resep makanan bayi Anda. Silahkan lihat beberapa kumpulan resep makanan bayi di sini.

Jaga Kesehatan Rambut

Setelah gizinya diperhatikan, berikutnya adalah berkaitan dengan kebersihan rambut dan kulit kepala bayi Anda. Tentu saja rambut yang sehat adalah yang terjaga kebersihannya.

Gunakanlah shampoo khusus bayi, karena selain tidak mengandung zat kimia sebagaimana shampoo untuk orang dewasa, ia pun tidak pedih di mata. Keringkan rambutnya secara perlahan, dan jangan digosok terlalu kencang. Gunakan sisir bergigi besar dan jarang, atau sisir sikat.

Semoga berhasil! ;)

Tidak ada artikel yang berhubungan.

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

28 Responses to Tips Agar Rambut Bayi Tumbuh Lebat, Tebal dan Sehat

  1. Mega Papua March 8, 2014 at 8:39 am #

    saya biasanya gosokkan minyak kemiri dirambutnya seminggu 1 kali,dan rambut dipotong tiap 2 minggu dengan tujuan agar merangsang pertumbuhan rambut agar menjadi lebih lebat

  2. Anonymous March 5, 2014 at 2:33 am #

    Kalo gak dibotakin gak apa2 kah??

    • tips-bayi March 12, 2014 at 8:42 am #

      Anonymous,

      “Kalo gak dibotakin gak apa2 kah??” Gak apa-apa juga, tapi kalau Anda seorang muslim bagus dibotakin ya.. menggundul kepala bayi adalah suatu yang dianjurkan, minimal sekali seumur hidup dan jika laki-laki ditambah ketika berhaji atau umroh.. ;)

  3. noor nabila March 1, 2014 at 6:07 am #

    Hello Kwn2

  4. Anonymous February 12, 2014 at 1:54 pm #

    slm knl.
    susmaniya.
    anak sy brumur 11 bln,,awalx tu rambutx hitam n lebt pi dy skit n hrus nambh drah lewat kepalax,akhirx kpalax d b0takn nah stelah tumbh lg rmbutx brubh jd tipis n mrah,,knp bs kayak gtu ea,pa dr vakt0r mkanan,smp0 t0 mixakx yg gg c0c0k?

    • tips-bayi February 21, 2014 at 7:33 am #

      susmaniya,

      Salam kenal juga,

      Sebenarnya.. kami sudah jelaskan sebelumnya, rambut bayi adalah rambut sementara, bukan rambut permanen. Yang jelas, selama bayi Bunda sehat, pertumbuhan rambut akan sesuai dengan faktor genetik. “Akan tetapi, faktor-faktor lain di luar faktor genetik juga bisa mempengaruhi tekstur rambut.” seperti sinar matahari dan kebersihan, termasuk biang keringat.. :)

      Rambut sekarang tipis merah masih ada kesempatan berubah kembali hitam, jangan khawatir..

      Rambut tebal sebenarnya lebih ditentukan oleh faktor keturunan… Namun begitu, jika Bunda masih ingin mencoba untuk “melebatkan” rambut bayi Bunda, coba berikan minyak kemiri yang disangrai atau cairan lidah buaya ke kulit kepalanya. Perhatikan jika ada efek disebabkan alergi… ;)

  5. Anonymous February 4, 2014 at 9:54 am #

    slm knl..saya mau tanya baby saya baru berumur 25 hari trus kalau habis menyusu kok sering gomoh apakah itu wajar soalny gomohny agak banyak trus klau awal mau menyusu itu sering mungkuk (mau muntah) apakah itu jg wajar..trima kasih

    • tips-bayi February 15, 2014 at 4:25 am #

      Anonymous

      Gumoh jika tidak diikuti keluhan lain seperti demam.. bisa saja karena perutnya kepenuhan atau ASI belum turun ke lambung. Maka setelah Bunda menyusui sebaiknya bunda sendawakan dulu..

      Setelah disusui lalu gendong dengan posisi seperti diberdirikan bersandar ke dada atas Bunda.. lalu tepuk PERLAHAN.. agar ASI cepat turun dan tidak GUMOH.. :-)

    • hanis February 22, 2014 at 2:25 am #

      hi bun…bayi gumoh sudah biasa,anak saya dulu juga begitu,setiap saya makan yang amis-amis gumohnya makin banyak,walau sudah di sendawakan tetep aja gumoh,jadi apa yang dimakan bundanya berpengaruh.tapi gumoh hilang dengan sendirinya setelah bayi dapat menyangga kepalanya sendiri,jadi bunda ngak usah khawatir itu bukan penyakit,kalau nyusu dikit-dikit tapi sering habis itu di sendawa sampai bunyi/gelegek en kata orang jawa.

  6. Abu Zaini February 1, 2014 at 11:01 pm #

    Putri kami sdh sepuluh bulan tapi rambut yg tumbuh masih jarang dan sangat halus…. Apa ada obat yang manjur y?

    • tips-bayi February 15, 2014 at 4:00 am #

      Abu Zaini

      Bunda tak perlu khawatir jika rambut bayi Bunda masih botak. Selama bayi Bunda sehat, tak ada masalah.

      Rambut bayi adalah rambut sementara, bukan rambut permanen. Yang jelas, selama bayi Bunda sehat, pertumbuhan rambut akan sesuai dengan faktor genetik. “Akan tetapi, faktor-faktor lain di luar faktor genetik juga bisa mempengaruhi tekstur rambut.” seperti sinar matahari dan kebersihan, termasuk biang keringat.. :)

      Rambut tebal sebenarnya lebih ditentukan oleh faktor keturunan… Namun begitu, jika Bunda masih ingin mencoba untuk “melebatkan” rambut bayi Bunda, coba berikan minyak kemiri yang disangrai atau cairan lidah buaya ke kulit kepalanya. Perhatikan jika ada efek disebabkan alergi… ;)

  7. Fitria. aminingsih January 31, 2014 at 6:00 am #

    anak saya br berumur 3 bln, brtnya 7 kg ko blm bs angkat kepalanya ya, apakah itu normal…. pdhal anak sy yg pertama umur 3 bln udah bs tengkurap…

    • tips-bayi February 15, 2014 at 3:49 am #

      Fitria. aminingsih

      Hmm.. BB bayi Bunda lebih ya.. itu berat ideal untuk bayi usia 6 bulan. Oh ya TB-nya berapa sekarang..? Kalau ideal dengan tingginya tidak masalah.. :-)

      Kepala belum bisa tegak..? Bunda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan, termasuk tengkurep.

      Sementara bantu saja dulu bayi Bunda tengkurap.

  8. elfa December 30, 2013 at 12:43 am #

    anak’ku baru berumur 6′Bulan ,seMenjak lahir ia minum susu Formula karna Asi ku ga keluar ..
    berat badan.nya pun baru 6′kg ,apa itu normal?
    makanan apa yG baik untuk bayi 6′bulan yg ga Asi ??
    Trms .

    • tips-bayi January 15, 2014 at 10:20 am #

      elfa,

      Bayi Bunda terlihat kecil ya..? Memang BB bayi Bunda kurang dari ideal, hanya saja masih termasuk 80% BB rata-rata berat bayi normal indonesia.

      Untuk makanannya sama saja, berikan makanan yang kaya gizi, lengkap dan terpola dengan baik. Silahkan Bunda lihat di kategori Makanan Bayi

      Semoga bisa membantu :)

  9. Bunda deka December 20, 2013 at 2:35 pm #

    mau nanya doonkk ..?
    bayi sya berumur 3 bln rmbtnya blm tmbh jga stlah di botakin . kira kira menggunakan sampo bayi apa yg pertmbhan rmbutnya cepet ? terus minyak rmbut apa yg harus digunakan . pdhal tips makanan yg ada udh sya coba tapi bayi sya tetep botak aja smpe skrng paling tmbh cuma ada di dpan aja 2 helai . ada yg ngasih saran ktanya harus di botakin lagi . tpi sya tkut ,lh ga bkl tmbuh tumbuh rmbutnya . tlong jwb ya , mksh sblmnya

    • tips-bayi January 7, 2014 at 3:16 am #

      Bunda deka,

      Bunda tak perlu khawatir jika rambut bayi Bunda masih botak. Selama bayi Bunda sehat, tak ada masalah.

      Rambut bayi adalah rambut sementara, bukan rambut permanen. Yang jelas, selama bayi Bunda sehat, pertumbuhan rambut akan sesuai dengan faktor genetik. “Akan tetapi, faktor-faktor lain di luar faktor genetik juga bisa mempengaruhi tekstur rambut.” seperti sinar matahari dan kebersihan, termasuk biang keringat.. :)

      Rambut tebal sebenarnya lebih ditentukan oleh faktor keturunan… Namun begitu, jika Bunda masih ingin mencoba untuk “melebatkan” rambut bayi Bunda, coba berikan minyak kemiri yang disangrai atau cairan lidah buaya ke kulit kepalanya. Perhatikan jika ada efek disebabkan alergi… ;)

  10. Anonymous December 6, 2013 at 7:57 am #

    Salam kenal …Sya mau tanya Klaw perempuan itu gk haid kmungkinannyy hmil brpa prsen ea

    • tips-bayi December 11, 2013 at 3:18 am #

      Anonymous,

      Slam kenal kembali..
      Ini dengan siapa ya.. ? :) Kalau perempuan tersebut sudah menikah, siklus haidnya lancar (bisa ditebak kapan datang dan habisnya), dan sehat tidak sedang sakit.. maka kemungkinan besar sekali hamil.. Tapi alangkah baiknya jika Anda cek langsung ke bidan atau cek sendiri dengan tespack.. ;)

  11. susan November 17, 2013 at 2:01 pm #

    rambut anak qu setelah d botakin sekarang umr 3bln blm tumbuh cuma depanya aja belakangnya gk tumbuh padahal qu jg dh mkn sesuai yg d sarankan

    • tips-bayi November 22, 2013 at 1:19 am #

      susan,

      Sebenarnya Bunda tak perlu khawatir jika rambut bayi Bunda belakangnya tidak tumbuh, rontok atau bahkan botak. Selama bayi Bunda sehat, tak ada masalah.

      Rambut bayi adalah rambut sementara, bukan rambut permanen. Yang jelas, selama bayi Bunda sehat, pertumbuhan rambut akan sesuai dengan faktor genetik. “Akan tetapi, faktor-faktor lain di luar faktor genetik juga bisa mempengaruhi tekstur rambut.” seperti sinar matahari dan kebersihan, termasuk biang keringat.. :)

      Rambut tebal sebenarnya lebih ditentukan oleh faktor keturunan… Namun begitu, jika Bunda masih ingin mencoba untuk “melebatkan” rambut bayi Bunda, coba berikan minyak kemiri yang disangrai atau cairan lidah buaya ke kulit kepalanya. Perhatikan jika ada efek disebabkan alergi…

  12. gallih November 15, 2013 at 2:28 am #

    salam kenal, bayi sya bru berumur 2 hari..kapan waktu terbaik untuk menggunduli rambutnya?

    • tips-bayi November 21, 2013 at 12:14 am #

      gallih

      Maaf baru di jawab … Menggunduli rambut bayi bagi umat islam adalah sunah muakadah, biasanya dilakukan 7 hari setelah kelahiran.

  13. monika November 9, 2013 at 6:33 am #

    my baby udah lahir biar makin deket ama bunda tidurnya bareng ama bunda terus tapi si baby masih ngompol ni amannya buat si bunda agar kasurnya gak basah karena ompol

    http://jbbsp.blspt.com/2013/11/spi-wtrprf-for-your-bb.html

  14. indah October 29, 2013 at 8:55 am #

    Anak saya Nadya umur 2 thn 6 bln rambutnya tipis n tidak panjang2, apakah itu normal? Perlukah saya memakaikan lidah buaya atau minyak kemiri untuk melebatkan? Thanks

    • tips-bayi November 1, 2013 at 4:52 am #

      indah

      Sebenarnya Bunda tak perlu khawatir jika rambut bayi Bunda tipis, rontok atau bahkan botak. Selama bayi Bunda sehat, tak ada masalah. Apalagi pada bayi, yang tumbuh adalah rambut sementara, bukan rambut permanen. Yang jelas, selama bayi Bunda sehat, pertumbuhan rambut akan sesuai dengan faktor genetik. “Akan tetapi, faktor-faktor lain di luar faktor genetik juga bisa mempengaruhi tekstur rambut.” seperti sinar matahari dan kebersihan, termasuk biang keringat..

      Di sisi lain, jika ada bayi yang terlahir dengan rambut tebal, ini juga bukan jaminan rambut permanennya akan lebat. Bisa jadi tebalnya rambut ketika lahir merupakan pengaruh hormon Androgen dari sang ibu dan sifatnya sementara saja.. ;-)

      Rambut tebal sebenarnya lebih ditentukan oleh faktor keturunan… Namun begitu, jika Bunda masih ingin mencoba untuk “melebatkan” rambut bayi Bunda, coba berikan minyak kemiri yang disangrai atau cairan lidah buaya ke kulit kepalanya. Perhatikan jika ada efek disebabkan alergi…

  15. nufus October 21, 2013 at 8:09 am #

    sawan bantal itu kan membuat rambut bayi tidak tumbuh semua,,kapan hilang yah,,???

    • tips-bayi October 26, 2013 at 7:39 am #

      nufus,

      Sebenarnya Anda tak perlu khawatir jika rambut bayi Anda tipis, rontok atau bahkan botak. Selama bayi Anda sehat, tak ada masalah. Apalagi pada bayi, yang tumbuh adalah rambut sementara, bukan rambut permanen. Yang jelas, selama bayi Anda sehat, pertumbuhan rambut akan sesuai dengan faktor genetik. “Akan tetapi, faktor-faktor lain di luar faktor genetik juga bisa mempengaruhi tekstur rambut.” seperti sinar matahari dan kebersihan, termasuk biang keringat..

      Di sisi lain, jika ada bayi yang terlahir dengan rambut tebal, ini juga bukan jaminan rambut permanennya akan lebat. Bisa jadi tebalnya rambut ketika lahir merupakan pengaruh hormon Androgen dari sang ibu dan sifatnya sementara saja..

      Sawan bantal hilangnya tidak sama.. kadang 1 tahun.. kadang lebih.. ;)

Leave a Reply