Tips Agar Rambut Bayi Tumbuh Lebat, Tebal dan Sehat

rambut bayi tebal dan lebatApakah benar menggunduli rambut bayi bisa membuatnya kemudian tumbuh subur dan lebat?

Begini sebenarnya…

Rambut pada bayi adalah rambut velus, yaitu rambut sementara yang akan habis setelah usianya mencapai 1-3 bulan. Artinya, walaupun Anda tidak menggunduli rambut bayi Anda, sebenarnya rambut bawaan lahirnya tidak akan terbawa seumur hidupnya, karena semuanya akan rontok dan akan digantikan dengan rambut yang baru :)

Rambut bayi bisa saja tumbuh tebal tanpa digunduli dan sebaliknya, ada juga sebagian bayi yang walaupun sudah digunduli tetap saja rambutnya tipis. Artinya, tebal atau tipisnya rambut bayi sangat dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan.

Loh, tapi seringkali setelah digunduli rambut bayi memang terasa dan nampak lebih tebal tuh?

Ya, tapi bukan berarti rambutnya bertambah… Lebih tebalnya rambut si kecil disebabkan rambut velus yang tadinya berbentuk lancip, setelah dipotong maka jadi berbentuk tumpul. Rambut tumpul inilah yang kemudian tumbuh, sehingga rambut si bayi menjadi lebih tebal. Begitulah penjelasannya berdasarkan ilmu kesehatan.

Jadi, rambut bayi tidak perlu digunduli?

Tetap, menggunduli rambut bayi yang baru lahir memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan kulit kepalanya. Banyak kerak kotoran yang menempel dan menutup pori-pori kulit kepalanya akan terbuang sehingga kulit tersebut akan bersih dan ‘bisa bernafas’ dengan baik.

Gizi yang Baik Menghasilkan Rambut Bayi yang Sehat

Inilah sebenarnya kunci sehatnya rambut bayi. Selain dari faktor genetik atau keturunan, faktor gizi juga sangat mempengaruhi pertumbuhan rumbut bayi Anda. Pastikan bayi Anda menerima asupan:

  • Protein – telur, ikan, daging, susu, kacang-kacangan sangatlah baik sebagai sumber protein.
  • Asam lemak Omega-3 – ikan salmon, kacang kenari, minyak ikan, kedelai, kembang kol dikenal sebagai sumber bagi zat ini.
  • Zat Besi – lentil, bayam, kacang merah, tomat, kentang memiliki kandungan zat besi yang banyak.
  • Vitamin – buah-buahan, sayuran, kacang hijau, gandum mengandung banyak vitamin, terutama vitamin A, B dan C

Jika bayi Anda masih dalam masa ASI Eksklusif (6 bulan), maka ibunyalah yang harus mengkonsumsi berbagai asupan bergizi ini. Jika bayi Anda sudah diberi MPASI, maka selain ibunya, berbagai asupan bergizi di atas sebaiknya Anda sertakan dalam resep makanan bayi Anda. Silahkan lihat beberapa kumpulan resep makanan bayi di sini.

Jaga Kesehatan Rambut

Setelah gizinya diperhatikan, berikutnya adalah berkaitan dengan kebersihan rambut dan kulit kepala bayi Anda. Tentu saja rambut yang sehat adalah yang terjaga kebersihannya.

Gunakanlah shampoo khusus bayi, karena selain tidak mengandung zat kimia sebagaimana shampoo untuk orang dewasa, ia pun tidak pedih di mata. Keringkan rambutnya secara perlahan, dan jangan digosok terlalu kencang. Gunakan sisir bergigi besar dan jarang, atau sisir sikat.

Semoga berhasil! ;)

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

78 Responses to Tips Agar Rambut Bayi Tumbuh Lebat, Tebal dan Sehat

  1. Bali Tour May 18, 2015 at 9:17 am #

    Terima kasih atas informasinya :)

  2. Anonymous May 8, 2015 at 10:03 am #

    Hi bun..
    Anak saya usianya 2 bulan 18hari. BBnya 5,2kg itu ideal tidak? BB waktu lahirnya 2,5kg?

    • tips-bayi May 20, 2015 at 9:52 pm #

      Anonymous,

      ‘Hi bun..
      Anak saya usianya 2 bulan 18hari. BBnya 5,2kg itu ideal tidak? BB waktu lahirnya 2,5kg?’

      BB bayi Bunda termasuk IDEAL dengan usianya.. :)

  3. erni May 7, 2015 at 10:16 am #

    bayi saya lahir prematur dgn bb 2,25kg sekrng usianya 6 bulan dan bb baru 5,6 kg minum sufor karena asi ga keluar skrng baru belajar makan…. memang agak susah minum susunya….apakah itu normal ?

    • tips-bayi May 20, 2015 at 9:54 pm #

      erni,

      BB bayi Bunda memang kurang dari ideal.., tapi masih termasuk 75% BB normal bayi yang lahir normal Bun.. :)

  4. Vha Tracie April 21, 2015 at 12:37 am #

    Mom baby ku umur 4bln bb 6,7 tb 63cm

    Waktu lahir rambut nya lebat banget,krna saya rambunya juga tebal mgkn turunan.
    Trus digundulin karena aqiqah pas umur 3minggu..
    Tapi dlm wktu 3minggu jg tumbuh nya cepat lebat
    Hanya bagian belakang saja yg msh kosong rambut nya
    Karena masih ada kerak kepala nya jd saya gunduli lagi jadi 2x di gunduli..nah yang ke 2 ini jadi lambat tumbuh nya pdhl sdh 2bln dicukur nya..hnya ada di bagian tengah bagian dpan nya tipis dan belakang ky pitak..

    Itu kenapa ya??

    Terimakasih

    • tips-bayi May 20, 2015 at 9:57 pm #

      Vha Tracie,

      Jangan khawatir Bun.. Itu rambut sementara dan belum waktunya Bun. Jika turunannya tebal maka kemungkinan besar akan tebal, meskipun bisa saja meleset karena pengaruh lingkungan dan pola hidup.. :)

  5. sarah April 6, 2015 at 10:38 pm #

    Salam

    Bun ankku umr 3bln BB 7kg tu normal g…??
    Apakah daun seledri bleh bt numbuhin rambut bayi bun..??

    Mlai umur brp klo bayi tu mlai bsa dakom/tengkureb…??

    Mksih bunda…

    • tips-bayi May 20, 2015 at 9:50 pm #

      sarah,

      BB segitu BB ideal untuk bayi 5 bulan..Tapi kalau TB sekitar 64cm.. berarti BB dan TB termasuk ideal.. tidak obesitas atau gemuk.. :)

      Bisa tengkurap.. tidak sama perkembangan kemampuan bayi bisa cepat atau sedikit lambat. Tetapi memang 5 bulan harus dilatih tengkurap, sampai usia 6 bulan diusahakan harus mulai terbiasa.. :)

  6. bunda eii March 19, 2015 at 12:24 pm #

    Bayi saya umur 2 bulan bb 4,4 pdhal baru lahir bb 2,6 . Apa itu normal ? Pdahal waktu melahirkan tepat kok . Klo rambut’a si tipis .. Aku gak brani botakin . Hanya saja saya lebih memilih memakai produk bayi untuk melebatkan rambut bayi . Pdhal saya dan suami saya rambutnya tebal kok .. Apa ada solusi untuk melebatkan rambut ank saya ?

    • tips-bayi May 20, 2015 at 9:43 pm #

      bunda eii,

      BB segitu masih termasuk cukup bagus, karena termasuk 90% BB ideal untuk bayi indonesia.

      Rambut belum tebal..? Jangan khawatir Bun.. karena rambut bayi yang sekarang adalah rambut sementara nantinya akan berganti dengan rambut permanen. Jelaslah keturunan sangat berperan sekali. Kemungkinan akan tebal Bun.. :)

  7. melati March 15, 2015 at 9:27 pm #

    Assalamualakum…tips bayi anak syg umur 4m bb 9.1 tinggi nya 73cm itu termasuk ideal apa ngak ya..?
    Sampe skrg dia belum bisa tengkurep sendiri lebih seneng di berdiriin
    Trus knpa ya kalo megang main belum terlalu bisa sering baru di pegang udah di jatuhin..

    • tips-bayi May 20, 2015 at 9:38 pm #

      melati,

      Wa’alaikum salam…

      BB Memang tidak ideal untuk usia 4 bulan, BB segitu ideal untuk bayi 9 bulan. Akan tetapi BB dan TB seimbang atau ideal, maka bayi Bunda termasuk tinggi besar bukan obesitas.

      Perkembangan kemampuannya sedikit terhambat karena BB nya.. ;)

  8. choir March 8, 2015 at 11:14 am #

    Assalamualaikum bunda…
    Sy mw tanya baby sy msih usia 1bln. Klo nafas bunyinya grok2 n dteggorokanya da lendirnya. Padahal gk pilek ato batuk. Jd kalo hbis minum sering gumoh bahkan sampe keluar dr hidung. Apa lg kalo cuaca dingin nafasny susah, jd bobokny gk nyaman.
    Tu smwa bahaya gk bagi baby sy ato memang hal bysa bg bayi. N cara menghilangkan lendir dari tenggorokanya itu gimana selain dg obat???

    • tips-bayi April 19, 2015 at 9:03 am #

      choir,

      Wa’alaikum salam.. Bunda..

      Itu dahak atau bisa juga cairan sisa persalinan. Dengan cara dijemur setiap pagi dengan ditidurkan miring cairan biasanya akan keluar… ;)
      Atau.. Coba deh Bun.. Rebus air hingga mendidih, menggunakan panci besar yang bertutup. Setelah mendidih, letakkan panci di pojok ruang tidur bayi (pastikan lokasinya aman dan tidak membahayakan penghuni rumah), lalu buka tutup panci. Bubuhkan minyak kayu putih, minyak lemon, atau minyak pohon teh untuk melegakan saluran pernapasan.

  9. oktarina March 1, 2015 at 5:47 pm #

    Salam kenal, sya mau tanya anak sya dri lahir belum pernah digunduli sampai sekarang usianya 13bln tp rambutnya masih tipis, ada yg bilang disuruh di gundulin krn rambut bayi yg gk pernah digundulin ktanya akan ngaruh jika dewasa rambutnya akan rontok dan tipis, sebaiknya sya gmn ya klo mau digundulin kx kasihan umurnya dh 1th lbh..minta sarannya dong..? Mksih..

    • tips-bayi April 19, 2015 at 8:18 am #

      oktarina,

      Salam kenal kembali..

      Rambut belum tebal..? Jangan khawatir Bun.. karena rambut bayi adalah rambut sementara nantinya akan berganti dengan rambut permanen. Jelaslah keturunan sangat berperan sekali.

      Faktor-faktor lain di luar faktor genetik juga bisa mempengaruhi tekstur rambut.” seperti sinar matahari dan kebersihan, termasuk biang keringat.. :)

      Digunduli juga gak apa-apa Bun.. Agar kerak kepala bisa lebih mudah dibersihkan, dan nantinya akan terlihat sedikit lebih tebal karena tadinya ujung rambut lancip jadi tumpul. Maka akan terlihat agak tebal..

  10. momazka February 4, 2015 at 2:48 pm #

    Assalamualaikum ,

    Mau tanya nii , anak saya umur 4 bln tinggi 59 itu ideal atau tidak ioa ..
    Terima kasih sebelumny

    • tips-bayi April 19, 2015 at 8:05 am #

      momazka,

      Wa’alaikum salam..

      TB termasuk 95% tinggi ideal bayi indonesia.. ;)

  11. ila January 31, 2015 at 10:26 pm #

    Anak sy usianya 5,5 bln Bb nya 6,5 tggi nya 60cm itu ideal gk?
    Trus msh diberi ASI ekslusif, nt klw sdh 6bln baru dikasih MPASI,
    Baik gk klo nt sy kasih susu formula,

    • tips-bayi April 19, 2015 at 8:01 am #

      ila,

      BB bayi Bunda masih termasuk cukup bagus, karena termasuk 90% BB ideal untuk bayi indonesia.

      Bagus dan pertahankan ASI eksklusif nya, dan lanjutkan pemberiannya sampai usia 2 atau 2,5 tahun.. :)

  12. gisella December 31, 2014 at 8:22 am #

    Ank sya baru umur 2bln 21hri,bb ny ud 6,5,,,itu trmsuk bb ideal? Trs knp y d usiany skrg dy blm bisa miring2,tp klau leherny dy ud kuat ngangkat?
    Rmbutny pun ga lebat,pdhl rmbut sy n ayahny lebat,wktu lhir smua sisi kplany ad rmbut,tp dekat ubun”,rmbutny mbuh lain ga sprti rmbut yg ad sisi2 lainy,lbh tipis bgt,skrg ud ak gundulin,sma aj,yg lain ud tmbuh,tp yg dkt ubun” blm jg?
    Itu knp ya?
    Klo mnyak kemiri itu gimana bentukny y?
    Buat sndri atau beli?
    Maav bnyk nanya ny,mklum ga tau ap” ni
    Thx sblmny

    • tips-bayi March 11, 2015 at 1:39 pm #

      gisella,

      Memang BB bayi Bunda lebih sedikit dari ideal, tapi masih wajar..

      Rambut bayi adalah rambut sementara, bukan rambut permanen. Yang jelas, selama bayi Anda sehat, pertumbuhan rambut akan sesuai dengan faktor genetik. “Akan tetapi, faktor-faktor lain di luar faktor genetik juga bisa mempengaruhi tekstur rambut.” seperti sinar matahari dan kebersihan, termasuk biang keringat.. :)

      Rambut susah panjang dan masih botak.. masih ada kesempatan untuk tumbuh, jangan khawatir..

      Rambut tebal sebenarnya lebih ditentukan oleh faktor keturunan… Namun begitu, jika Anda masih ingin mencoba untuk “melebatkan” rambut bayi Anda, coba berikan minyak kemiri yang dibuat sendiri dengan disangrai atau cairan lidah buaya ke kulit kepalanya. Perhatikan jika ada efek disebabkan alergi… ;)

  13. Anonymous December 15, 2014 at 7:00 pm #

    Salam min,,,usia bayi saya sudah 7bln,tp BB ny cuma 7kg.tapi bayi saya tinggi ny yg nambah trus min,lhir ny aja 51 pnjg ny,brat 3,3 kg.kr2 ideal g min???satu lg ad tips jitu g tips panjangin rambut bayi setelah dibotak in???terimakasih min…..

    • tips-bayi March 3, 2015 at 11:05 am #

      Anonymous,

      Wlkmslm..

      BB bayi Bunda memang kurang dari ideal.., tapi masih termasuk 80% BB normal bayi indonesia Bun.. :)

      Rambut bayi adalah rambut sementara, bukan rambut permanen. Yang jelas, selama bayi Anda sehat, pertumbuhan rambut akan sesuai dengan faktor genetik. “Akan tetapi, faktor-faktor lain di luar faktor genetik juga bisa mempengaruhi tekstur rambut.” seperti sinar matahari dan kebersihan, termasuk biang keringat.. :)

      Rambut susah panjang dan masih botak.. masih ada kesempatan untuk tumbuh, jangan khawatir..

  14. Anonymous December 12, 2014 at 9:13 am #

    bun bayi saya lahir prematur dngan BB 1900 gram. dan skarang udh umu 4 bulan kiloan nya 5,5 kg. apakah itu normal ????

    • tips-bayi February 27, 2015 at 8:31 pm #

      Anonymous

      Karena bayi Bunda lahir prematur, maka BB segitu masih termasuk NORMAL Bun.. jangan khawatir..:-)

  15. sundari November 28, 2014 at 11:31 am #

    post q koq hilang bun

    • tips-bayi December 2, 2014 at 2:55 am #

      sundari,

      Post yang mana ya..? Coba deh kirim lagi Bun.. :)

    • Refinska Tantia January 23, 2015 at 3:48 pm #

      Cara menjadikan rambut si bayi tumbuh subur

      • tips-bayi March 5, 2015 at 5:12 pm #

        Refinska Tantia

        Rambut tebal sebenarnya lebih ditentukan oleh faktor keturunan… Namun begitu, jika Anda masih ingin mencoba untuk “melebatkan” rambut bayi Anda, coba berikan minyak kemiri yang disangrai atau cairan lidah buaya ke kulit kepalanya. Perhatikan jika ada efek disebabkan alergi… ;)

      • max bernardus March 26, 2015 at 3:54 pm #

        anak saya umur 1 tahun tapi rambutnya tumbuh di bagian atas kepala tpi bgian depan rambutnya snagat tipis(botak)bagaimana cara agar rambutnya tumbuh dengan merata?

        • tips-bayi May 20, 2015 at 9:44 pm #

          max bernardus,

          Rambut tipis dan botak tidak rata..? Jangan khawatir.. karena rambut bayi adalah rambut sementara nantinya akan berganti dengan rambut permanen. Jelaslah keturunan sangat berperan sekali. ;)

  16. sundari November 28, 2014 at 11:30 am #

    tnya bun
    baby aq usia 4bln brat 6,1kq.
    apakah nrmal bun?
    dan rambut rambutnya koq msih tipis bnget di kasih ap ya bun?
    makasih bun

    • tips-bayi February 23, 2015 at 10:56 am #

      sundari,

      BB cukup bagus.. Normal..
      Rambut bayi adalah rambut sementara, bukan rambut permanen. Yang jelas, selama bayi Anda sehat, pertumbuhan rambut akan sesuai dengan faktor genetik. “Akan tetapi, faktor-faktor lain di luar faktor genetik juga bisa mempengaruhi tekstur rambut.” seperti sinar matahari dan kebersihan, termasuk biang keringat.. :)

      Rambut belum panjang dan masih tipis.. masih ada kesempatan untuk tumbuh, jangan khawatir..

  17. puput August 26, 2014 at 2:32 pm #

    Slm knl bund.. mau tnya BB bayi normal umur 4bln brp bund ?

    • tips-bayi October 2, 2014 at 6:01 am #

      puput,

      Salam kenal kembali.. :)
      BB Ideal bayi usia 4 bulan adalah 6,3 kg. Ingatlah Bun.. pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Bunda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Bunda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat. Besar kecil atau kurus gemuk juga bisa turunan.. ;)

  18. Namaku.Bayi August 17, 2014 at 1:05 am #

    Terimakasih

    • tips-bayi September 27, 2014 at 4:30 am #

      Namaku.Bayi,

      Sama-sama.. :)

      • Anonymous October 3, 2014 at 12:54 am #

        Bun salam knal y,bayi saya brumur 3bulan ideal tidak klo bratnya 5,7 bun?

        • tips-bayi November 4, 2014 at 6:36 am #

          Anonymous

          BB bayinya NORMAL …karena termasuk BB ideal untuk bayi Indonesia… tinggi badannya berapa Bunda..?

  19. yenie August 13, 2014 at 8:25 am #

    hy bunda,anak saya faqy umur 11 bulan,,kmren smpat kejang2 bund,,tpi skrang alhmdllh sudah ga ada dtang lage,,stlah mnum obt dri dkter,,yg ingn saya tanyakan,akankah brpengaruh sma otak na bund.tankz

    • tips-bayi September 26, 2014 at 1:48 pm #

      yenie,

      Faqy jarang kejangnya kan..? Insya Alloh tidak akan berpengaruh pada perkembangan otaknya.
      Ingin perkembangan otaknya baik..? Berikan SUSU TERBAIK.. Susu terbaik untuk bayi Adalah ASI.. Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

      Dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan juga kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

      Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

      ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditandingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

      Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

      Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya. ;)

      • ismi purnamasari February 15, 2015 at 7:39 pm #

        Bund, Apakah Kandungan Asi Semua Moms ItU Sama/ Tergantung Makanan Yg Dimakan Moms Saat ngASI ya?

        • tips-bayi April 19, 2015 at 8:08 am #

          ismi purnamasari,

          Benar.. kandungan sama, dan kwalitasnya akan lebih bagus lagi jika makanan bunda lengkap kaya gizi.. ;)

  20. fadlian akbar July 10, 2014 at 8:29 pm #

    Anak saya sudah berumur dua tahun tapi rambut nya belum panjang2 juga…
    Kira2 yg harus kami lakukan apa ya???
    Mohon penjelasan nya….

    • tips-bayi July 25, 2014 at 6:27 am #

      fadlian akbar,

      Sudah dijelaskan sebelumnya, rambut bayi adalah rambut sementara, bukan rambut permanen. Yang jelas, selama bayi Anda sehat, pertumbuhan rambut akan sesuai dengan faktor genetik. “Akan tetapi, faktor-faktor lain di luar faktor genetik juga bisa mempengaruhi tekstur rambut.” seperti sinar matahari dan kebersihan, termasuk biang keringat.. :)

      Rambut belum panjang.. masih ada kesempatan untuk tumbuh, jangan khawatir..

      Rambut tebal sebenarnya lebih ditentukan oleh faktor keturunan… Namun begitu, jika Anda masih ingin mencoba untuk “melebatkan” rambut bayi Anda, coba berikan minyak kemiri yang disangrai atau cairan lidah buaya ke kulit kepalanya. Perhatikan jika ada efek disebabkan alergi… ;)

  21. Mega Papua March 8, 2014 at 8:39 am #

    saya biasanya gosokkan minyak kemiri dirambutnya seminggu 1 kali,dan rambut dipotong tiap 2 minggu dengan tujuan agar merangsang pertumbuhan rambut agar menjadi lebih lebat

  22. Anonymous March 5, 2014 at 2:33 am #

    Kalo gak dibotakin gak apa2 kah??

    • tips-bayi March 12, 2014 at 8:42 am #

      Anonymous,

      “Kalo gak dibotakin gak apa2 kah??” Gak apa-apa juga, tapi kalau Anda seorang muslim bagus dibotakin ya.. menggundul kepala bayi adalah suatu yang dianjurkan, minimal sekali seumur hidup dan jika laki-laki ditambah ketika berhaji atau umroh.. ;)

  23. noor nabila March 1, 2014 at 6:07 am #

    Hello Kwn2

  24. Anonymous February 12, 2014 at 1:54 pm #

    slm knl.
    susmaniya.
    anak sy brumur 11 bln,,awalx tu rambutx hitam n lebt pi dy skit n hrus nambh drah lewat kepalax,akhirx kpalax d b0takn nah stelah tumbh lg rmbutx brubh jd tipis n mrah,,knp bs kayak gtu ea,pa dr vakt0r mkanan,smp0 t0 mixakx yg gg c0c0k?

    • tips-bayi February 21, 2014 at 7:33 am #

      susmaniya,

      Salam kenal juga,

      Sebenarnya.. kami sudah jelaskan sebelumnya, rambut bayi adalah rambut sementara, bukan rambut permanen. Yang jelas, selama bayi Bunda sehat, pertumbuhan rambut akan sesuai dengan faktor genetik. “Akan tetapi, faktor-faktor lain di luar faktor genetik juga bisa mempengaruhi tekstur rambut.” seperti sinar matahari dan kebersihan, termasuk biang keringat.. :)

      Rambut sekarang tipis merah masih ada kesempatan berubah kembali hitam, jangan khawatir..

      Rambut tebal sebenarnya lebih ditentukan oleh faktor keturunan… Namun begitu, jika Bunda masih ingin mencoba untuk “melebatkan” rambut bayi Bunda, coba berikan minyak kemiri yang disangrai atau cairan lidah buaya ke kulit kepalanya. Perhatikan jika ada efek disebabkan alergi… ;)

  25. Anonymous February 4, 2014 at 9:54 am #

    slm knl..saya mau tanya baby saya baru berumur 25 hari trus kalau habis menyusu kok sering gomoh apakah itu wajar soalny gomohny agak banyak trus klau awal mau menyusu itu sering mungkuk (mau muntah) apakah itu jg wajar..trima kasih

    • tips-bayi February 15, 2014 at 4:25 am #

      Anonymous

      Gumoh jika tidak diikuti keluhan lain seperti demam.. bisa saja karena perutnya kepenuhan atau ASI belum turun ke lambung. Maka setelah Bunda menyusui sebaiknya bunda sendawakan dulu..

      Setelah disusui lalu gendong dengan posisi seperti diberdirikan bersandar ke dada atas Bunda.. lalu tepuk PERLAHAN.. agar ASI cepat turun dan tidak GUMOH.. :-)

    • hanis February 22, 2014 at 2:25 am #

      hi bun…bayi gumoh sudah biasa,anak saya dulu juga begitu,setiap saya makan yang amis-amis gumohnya makin banyak,walau sudah di sendawakan tetep aja gumoh,jadi apa yang dimakan bundanya berpengaruh.tapi gumoh hilang dengan sendirinya setelah bayi dapat menyangga kepalanya sendiri,jadi bunda ngak usah khawatir itu bukan penyakit,kalau nyusu dikit-dikit tapi sering habis itu di sendawa sampai bunyi/gelegek en kata orang jawa.

  26. Abu Zaini February 1, 2014 at 11:01 pm #

    Putri kami sdh sepuluh bulan tapi rambut yg tumbuh masih jarang dan sangat halus…. Apa ada obat yang manjur y?

    • tips-bayi February 15, 2014 at 4:00 am #

      Abu Zaini

      Bunda tak perlu khawatir jika rambut bayi Bunda masih botak. Selama bayi Bunda sehat, tak ada masalah.

      Rambut bayi adalah rambut sementara, bukan rambut permanen. Yang jelas, selama bayi Bunda sehat, pertumbuhan rambut akan sesuai dengan faktor genetik. “Akan tetapi, faktor-faktor lain di luar faktor genetik juga bisa mempengaruhi tekstur rambut.” seperti sinar matahari dan kebersihan, termasuk biang keringat.. :)

      Rambut tebal sebenarnya lebih ditentukan oleh faktor keturunan… Namun begitu, jika Bunda masih ingin mencoba untuk “melebatkan” rambut bayi Bunda, coba berikan minyak kemiri yang disangrai atau cairan lidah buaya ke kulit kepalanya. Perhatikan jika ada efek disebabkan alergi… ;)

  27. Fitria. aminingsih January 31, 2014 at 6:00 am #

    anak saya br berumur 3 bln, brtnya 7 kg ko blm bs angkat kepalanya ya, apakah itu normal…. pdhal anak sy yg pertama umur 3 bln udah bs tengkurap…

    • tips-bayi February 15, 2014 at 3:49 am #

      Fitria. aminingsih

      Hmm.. BB bayi Bunda lebih ya.. itu berat ideal untuk bayi usia 6 bulan. Oh ya TB-nya berapa sekarang..? Kalau ideal dengan tingginya tidak masalah.. :-)

      Kepala belum bisa tegak..? Bunda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan, termasuk tengkurep.

      Sementara bantu saja dulu bayi Bunda tengkurap.

      • Eva Arnas October 7, 2014 at 2:39 am #

        Baby qu baru umur 5 bulan BB ny baru 6 kg tapi ko blom bisa tengkurep jga yaa padahal teman ny aja umur ny beda sebulan dy lebih aktif sudah bisa tengkurep aph beda ya asupan ny susu formula sama ASI jdi lebih aktif susu formula di banding ASI

        • tips-bayi November 6, 2014 at 4:50 am #

          Eva Arnas

          BB bayi Bunda memang kurang sedikit dari ideal.., tapi masih termasuk 85% BB normal bayi indonesia Bun..

          Tidak perlu galau Bun.. Perkembangan kemampuan bayi, misalnya tengkurep, duduk atau berjalan sifatnya individual berbeda bayi satu dengan yang lainnya, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.. Ada yang cepat di awal-awal atau juga ada yang cepat di kemudian harinya..

          Sementara bantu saja dulu bayi Bunda tengkurap, jika sudah lancar bayi Bunda pasti semangat.. Bahkan nantinya posisi tengkurap akan jadi posisi favorit bayi Bunda.. ;)

          Tetap Bunda ASI lebih baik dari susu formula..:-)

  28. elfa December 30, 2013 at 12:43 am #

    anak’ku baru berumur 6’Bulan ,seMenjak lahir ia minum susu Formula karna Asi ku ga keluar ..
    berat badan.nya pun baru 6’kg ,apa itu normal?
    makanan apa yG baik untuk bayi 6’bulan yg ga Asi ??
    Trms .

    • tips-bayi January 15, 2014 at 10:20 am #

      elfa,

      Bayi Bunda terlihat kecil ya..? Memang BB bayi Bunda kurang dari ideal, hanya saja masih termasuk 80% BB rata-rata berat bayi normal indonesia.

      Untuk makanannya sama saja, berikan makanan yang kaya gizi, lengkap dan terpola dengan baik. Silahkan Bunda lihat di kategori Makanan Bayi

      Semoga bisa membantu :)

  29. Bunda deka December 20, 2013 at 2:35 pm #

    mau nanya doonkk ..?
    bayi sya berumur 3 bln rmbtnya blm tmbh jga stlah di botakin . kira kira menggunakan sampo bayi apa yg pertmbhan rmbutnya cepet ? terus minyak rmbut apa yg harus digunakan . pdhal tips makanan yg ada udh sya coba tapi bayi sya tetep botak aja smpe skrng paling tmbh cuma ada di dpan aja 2 helai . ada yg ngasih saran ktanya harus di botakin lagi . tpi sya tkut ,lh ga bkl tmbuh tumbuh rmbutnya . tlong jwb ya , mksh sblmnya

    • tips-bayi January 7, 2014 at 3:16 am #

      Bunda deka,

      Bunda tak perlu khawatir jika rambut bayi Bunda masih botak. Selama bayi Bunda sehat, tak ada masalah.

      Rambut bayi adalah rambut sementara, bukan rambut permanen. Yang jelas, selama bayi Bunda sehat, pertumbuhan rambut akan sesuai dengan faktor genetik. “Akan tetapi, faktor-faktor lain di luar faktor genetik juga bisa mempengaruhi tekstur rambut.” seperti sinar matahari dan kebersihan, termasuk biang keringat.. :)

      Rambut tebal sebenarnya lebih ditentukan oleh faktor keturunan… Namun begitu, jika Bunda masih ingin mencoba untuk “melebatkan” rambut bayi Bunda, coba berikan minyak kemiri yang disangrai atau cairan lidah buaya ke kulit kepalanya. Perhatikan jika ada efek disebabkan alergi… ;)

  30. Anonymous December 6, 2013 at 7:57 am #

    Salam kenal …Sya mau tanya Klaw perempuan itu gk haid kmungkinannyy hmil brpa prsen ea

    • tips-bayi December 11, 2013 at 3:18 am #

      Anonymous,

      Slam kenal kembali..
      Ini dengan siapa ya.. ? :) Kalau perempuan tersebut sudah menikah, siklus haidnya lancar (bisa ditebak kapan datang dan habisnya), dan sehat tidak sedang sakit.. maka kemungkinan besar sekali hamil.. Tapi alangkah baiknya jika Anda cek langsung ke bidan atau cek sendiri dengan tespack.. ;)

  31. susan November 17, 2013 at 2:01 pm #

    rambut anak qu setelah d botakin sekarang umr 3bln blm tumbuh cuma depanya aja belakangnya gk tumbuh padahal qu jg dh mkn sesuai yg d sarankan

    • tips-bayi November 22, 2013 at 1:19 am #

      susan,

      Sebenarnya Bunda tak perlu khawatir jika rambut bayi Bunda belakangnya tidak tumbuh, rontok atau bahkan botak. Selama bayi Bunda sehat, tak ada masalah.

      Rambut bayi adalah rambut sementara, bukan rambut permanen. Yang jelas, selama bayi Bunda sehat, pertumbuhan rambut akan sesuai dengan faktor genetik. “Akan tetapi, faktor-faktor lain di luar faktor genetik juga bisa mempengaruhi tekstur rambut.” seperti sinar matahari dan kebersihan, termasuk biang keringat.. :)

      Rambut tebal sebenarnya lebih ditentukan oleh faktor keturunan… Namun begitu, jika Bunda masih ingin mencoba untuk “melebatkan” rambut bayi Bunda, coba berikan minyak kemiri yang disangrai atau cairan lidah buaya ke kulit kepalanya. Perhatikan jika ada efek disebabkan alergi…

  32. gallih November 15, 2013 at 2:28 am #

    salam kenal, bayi sya bru berumur 2 hari..kapan waktu terbaik untuk menggunduli rambutnya?

    • tips-bayi November 21, 2013 at 12:14 am #

      gallih

      Maaf baru di jawab … Menggunduli rambut bayi bagi umat islam adalah sunah muakadah, biasanya dilakukan 7 hari setelah kelahiran.

  33. monika November 9, 2013 at 6:33 am #

    my baby udah lahir biar makin deket ama bunda tidurnya bareng ama bunda terus tapi si baby masih ngompol ni amannya buat si bunda agar kasurnya gak basah karena ompol

    http://jbbsp.blspt.com/2013/11/spi-wtrprf-for-your-bb.html

  34. indah October 29, 2013 at 8:55 am #

    Anak saya Nadya umur 2 thn 6 bln rambutnya tipis n tidak panjang2, apakah itu normal? Perlukah saya memakaikan lidah buaya atau minyak kemiri untuk melebatkan? Thanks

    • tips-bayi November 1, 2013 at 4:52 am #

      indah

      Sebenarnya Bunda tak perlu khawatir jika rambut bayi Bunda tipis, rontok atau bahkan botak. Selama bayi Bunda sehat, tak ada masalah. Apalagi pada bayi, yang tumbuh adalah rambut sementara, bukan rambut permanen. Yang jelas, selama bayi Bunda sehat, pertumbuhan rambut akan sesuai dengan faktor genetik. “Akan tetapi, faktor-faktor lain di luar faktor genetik juga bisa mempengaruhi tekstur rambut.” seperti sinar matahari dan kebersihan, termasuk biang keringat..

      Di sisi lain, jika ada bayi yang terlahir dengan rambut tebal, ini juga bukan jaminan rambut permanennya akan lebat. Bisa jadi tebalnya rambut ketika lahir merupakan pengaruh hormon Androgen dari sang ibu dan sifatnya sementara saja.. ;-)

      Rambut tebal sebenarnya lebih ditentukan oleh faktor keturunan… Namun begitu, jika Bunda masih ingin mencoba untuk “melebatkan” rambut bayi Bunda, coba berikan minyak kemiri yang disangrai atau cairan lidah buaya ke kulit kepalanya. Perhatikan jika ada efek disebabkan alergi…

  35. nufus October 21, 2013 at 8:09 am #

    sawan bantal itu kan membuat rambut bayi tidak tumbuh semua,,kapan hilang yah,,???

    • tips-bayi October 26, 2013 at 7:39 am #

      nufus,

      Sebenarnya Anda tak perlu khawatir jika rambut bayi Anda tipis, rontok atau bahkan botak. Selama bayi Anda sehat, tak ada masalah. Apalagi pada bayi, yang tumbuh adalah rambut sementara, bukan rambut permanen. Yang jelas, selama bayi Anda sehat, pertumbuhan rambut akan sesuai dengan faktor genetik. “Akan tetapi, faktor-faktor lain di luar faktor genetik juga bisa mempengaruhi tekstur rambut.” seperti sinar matahari dan kebersihan, termasuk biang keringat..

      Di sisi lain, jika ada bayi yang terlahir dengan rambut tebal, ini juga bukan jaminan rambut permanennya akan lebat. Bisa jadi tebalnya rambut ketika lahir merupakan pengaruh hormon Androgen dari sang ibu dan sifatnya sementara saja..

      Sawan bantal hilangnya tidak sama.. kadang 1 tahun.. kadang lebih.. ;)

Leave a Reply