Tidur Bayi Anda Tidak Nyenyak? Ketahui Sebab dan Solusinya…

tidur bayi tidak nyenyakTahukah Anda bahwa kurang tidur pada bayi bisa mengakibatkan berbagai masalah? Mulai dari penurunan kekebalan tubuh, gangguan pertumbuhan dan perkembangan fisik dan juga kurang tidur mempunyai dampak terhadap tumbuh kembang otak bayi, terutama kemampuan berpikirnya ketika ia dewasa.

Sebagian besar kerja hormon pertumbuhan terjadi ketika dalam keadaan tidur, termasuk hormon pertumbuhan otak bayi.

Kurangnya tidur akan mengakibatkan perubahan kadar hormon yang bertugas mengatur rasa lapar. Selain itu, kurangnya tidur juga mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melakukan metabolisme gula, sehingga meningkatnya resiko terhadap diabetes.

Jadi, jelaslah bahwa tidur yang cukup memberi efek yang amat positif bagi perkembangan bayi Anda. Idealnya,  anak usia 6 – 23 bulan memerlukan waktu tidur sekitar 13 jam setiap harinya.

Beberapa Hal yang Menyebabkan Bayi Susah Tidur Serta Solusinya

Sakit Flu atau Batuk

Jika bayi Anda menderita flu atau batuk, maka ia akan sulit tidur nyenyak, karena sebentar-sebentar terbatuk. Hidungnya pun terus menerus mengeluarkan cairan atau tersumbat, sehingga membuatnya susah bernafas.

Solusi:

Usahakan agar posisi kepala bayi lebih tinggi dari kaki. Jangan lupa, beri minum agar tenggorokannya lebih nyaman. Jika hidungnya tersumbat, Anda bisa menyedot ingusnya dengan alat penyedot ingus khusus untuk bayi. Oleskan juga balsam khusus untuk anak-anak di dadanya, ini akan membantu melegakan hidungnya.

Kolik

Sekitar 20% bayi sehat pernah mengalami kolik. Kondisi ini biasanya terjadi antara minggu ke-2 dan ke-4 setelah lahir.

Jika Anda sedang menyusui, sebaiknya Anda menghindari produk susu olahan serta makanan yang menimbulkan gas, seperti kubis, bawang, dan bawang putih. Berkonsultasilah dengan ahli kesehatan tentang cara menangani alergi terhadap makanan tertentu.

Untuk mengatasi kolik, bila Anda memberikan susu formula pada bayi Anda, mintalah petunjuk ahli kesehatan apakah sebaiknya menggantinya dengan formula bebas susu atau formula bebas laktosa.

Jika kolik yang dialami merupakan bagian dari fase pertumbuhan, maka hal ini akan hilang seiring dengan waktu.

Baca artikel lanjutan tentang Kolik

Haus atau Lapar

Biasanya, bayi Anda akan gelisah tidurnya kalau tidak cukup asupan makanan atau susu.

Solusi: Coba beri makan bayi Anda menjelang tidur bagusnya 1 jam sebelum tidur.

Basah

Rata-rata bayi usia 6 bulan mengompol sekitar 5-7 kali dalam semalam, maka segeralah ganti popoknya apabila basah, dengan begitu si kecil akan lebih nyenyak tidurnya.

Ruam Popok

Ruam popok umumnya dialami oleh bayi berusia 4-15 bulan. Penyebabnya bisa karena sering buang air, kebersihan kulit yang tidak terjaga, atau bisa juga dikarenakan bayi Anda menerima asupan antibiotik dari ASI sang ibu.

Bahkan, jika bakteri yang terdapat dalam urine bayi Anda terurai menjadi amonia, ruam ini bisa bertambah parah. Tentu saja keadaan ini sangat tidak menyenangkan buat si kecil, sehingga bisa mempengaruhi kualitas tidurnya.

Bila ruam popok sudah terlanjur menimpa bayi Anda, agar tidak bertambah parah, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Gantilah popok yang basah sesering mungkin
  2. Hindari penggunaan tisu basah karena dapat menambah iritasi
  3. Cukup keringkan bagian yang basah dengan cara menepuk kulitnya, jangan digosok
  4. Gunakan krim pelindung dengan dioleskan tipis di kulit bayi
  5. Hindari menggunakan popok terlalu kencang

Selain itu, pilihlah jenis popok dari bahan kain yang menyerap keringat atau bahan disposibel (sekali pakai).

Baca artikel lanjutan tentang Ruam Popok Bayi

Terlalu Banyak Bermain

Jika Anda mengajak si kecil bermain terus, maka ia akan semakin enggan untuk tidur. Apalagi, jika Anda mengajaknya bermain menjelang waktu tidurnya.

Nah, untuk menghindari hal ini, maka Anda harus tanggap. Bila bayi Anda sudah mulai mengucek-ucek mata, sering menguap, atau telinganya ditarik-tarik, besar kemungkinan ia sudah mengantuk. Hentikanlah aktivitas Anda bersamanya dan buatlah suasana yang dapat memudahkan bayi Anda tidur dengan tenang.

Artikel yang berhubungan:

  1. Hati-hati Memilih Lokasi Tidur Bayi Anda!

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

, , , , , , , , ,

358 Responses to Tidur Bayi Anda Tidak Nyenyak? Ketahui Sebab dan Solusinya…

  1. mamih nayla July 9, 2014 at 2:42 pm #

    mikum,…anak sya usia 4bln!!kmrn setelah imunisasi dpt,badan ny panas slma 4hari!!! sya sudah konsultsikan ke doktr ktay tdk p2² krn reaksi obat!!tp knp akhr2 ini anak saya jd susah tdr,,klo mau tdr pasti saja nangis dlu mau nya digendong tdry!!!saya membiasakan seblm tdr sya beri asi dahulu,tp stlah itu mau tdr hrs sja digendong dlu……bagaimana y bun solusi nya???trims

    • tips-bayi July 23, 2014 at 8:21 am #

      mamih nayla,

      Manjanya terbawa setelah sembuh ya..? :)
      Kalau memang demikian, kurangilah rangsangan bermain pada jam-jam waktu tudurnya, mulailah membuat pola tidur, Bunda buat kebiasaan selain menggendong, bentuk kebiasaan pada bayi Bunda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya , disusui atau ditenangkan dengan bisikan, itu akan membentuk pola tidur bayi Bunda yang bagus.. Jika tetap ingin digendong jangan terlalu dibiasakan, kurangilah intensitasnya sedikit demi sedikit.. Ingat Bun.. hanya masalah kebiasaan.. ;)

  2. Anonymous July 1, 2014 at 5:36 am #

    assalamualaikum:
    maaf saya mau tanya,bayi sy berumur 2 bulan,susah tidur,dan kalaupun tidur hanya sebentar” dia bangun lagi,padahal disusuin udah,knp yah..?

    • tips-bayi July 12, 2014 at 3:55 am #

      Anonymous,

      Wa’alaikum salam..

      Apakah bayi Anda rewel..? Jika rewel berarti ada gangguan kesehatan. Tangisan yang lama dapat mengindikasikan adanya penyakit atau gangguan kesehatan bayi, misalnya kolik, demam, dan gumoh yang berlebihan. Jika perlu, bawalah bayi segera ke dokter.

      Jika lapar penyebabnya, bayi akan tertidur pulas setelah Anda susui.

      Penyebab lainnya:
      . Tidak nyaman dengan bajunya. Kenakanlah baju tidur yang ukurannya sesuai dengan tubuh bayi (jangan terlalu besar/kecil), serta terbuat dari bahan yang lembut dan menyerap keringat.
      . Tubuhnya kotor atau tidak “segar”. Bayi merasa tidak nyaman dengan tubuhnya yang terasa lengket karena keringat. Basuh tubuh bayi dengan waslap yang dibasahi air hangat. Jika perlu, oleskan minyak telon pada perut dan punggung bayi, serta sapukan bedak pada lipatan-lipatan kulit bayi.
      . Periksa juga apakah popoknya basah. Jika ya, ganti dengan popok yang bersih.
      . Suasana kamar tidak nyaman. Kamar tidur bayi sebaiknya memiliki tata cahaya dan ventilasi yang baik. Suhunya pun tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Selain itu, jangan penuhi boksnya dengan aneka mainan.
      . Terlalu banyak memberi stimulasi yang menyenangkan hati bayi. Campuran antara rasa senang dan lelah bisa membuat bayi susah memejamkan mata. Jadi, upayakan untuk tidak mengajaknya bermain dekat waktu tidurnya, atau saat bayi sudah mengantuk.. ;)

  3. propampolresinhil May 22, 2014 at 4:48 am #

    Mau tanya dunk,, bayi saya berumur 1 bulan dalam beberapa hari ini dya rewel dan susah tidur klu malam tidurnya jam 4 subuh itupun gak lama hanya sebentar dan terbangun lagi…..??
    apa solusi klu bayi lidah nyaputih karena ASI..?
    terimakasih…

    • tips-bayi May 30, 2014 at 5:45 am #

      propampolresinhil,

      Perlu dipastikan dan diperiksakan ke dokter, hanya saja mendengar bayi Bunda rewel dan lidahnya putih kemungkinan sariawan.. Sariawan pada bayi umumnya disebabkan oleh jamur.. Sebetulnya sariawan bisa sembuh sendiri. Namun sariawan karena jamur harus diobati dengan obat anti-jamur. Biasanya memakan waktu penyembuhan sekitar seminggu.

      Akan tetapi kami tidak bisa melihat putih seperti apa.. Bisa saja hanya bekas susu.. ;)

      Susui terus dengan ASI, tenangkan dengan sabar..

  4. jeni May 17, 2014 at 4:53 pm #

    Permisi aaya mau nanya anak saya berumur 1 tahun akhir akhir ini susah tidur.pada malam hari .kira kira kenapa ya anak saya

    • tips-bayi May 27, 2014 at 5:14 am #

      jeni,

      Susah tidur malam..? Kalau memang demikian, kurangilah rangsangan bermain pada jam-jam waktu tudurnya, mulailah membuat pola tidur, Bunda buat suasana yang tenang jika sudah memasuki jawal tidurnya, redupkan lampu ruangan, bentuk jadwal dengan membiasakan bayi Bunda dibawa ke dalam suasana tenang setiap jadwal tidur yang diharapkan.. bentuk kebiasaan pada bayi Bunda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya , disusui atau ditenangkan dengan bisikan, itu akan membentuk pola tidur bayi Bunda yang bagus.. :)

  5. nuraini April 21, 2014 at 2:17 am #

    assalamu’alaikum wr…wb….

    bayi saya umurny br 2bln, tpi knp stiap tdur slalu sering kaget kagetan klo tidak di bedong, padahal klo di bedong tidurny bisa sampai 5 jam klo tdr pagi, tapi klo tidak di bedong blom sampai 1 jm sudah bangun, penyebabnya apa y… saya takut trbisa klo di bedong terus menerus

    • tips-bayi May 3, 2014 at 5:50 am #

      nuraini,

      Wa’alaikumussalam Wr., Wb.,

      Kagetan atau kedutan..? Kagetan pada bayi ini seringkali menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua, namun para dokter justru akan khawatir bila tidak melihatnya. Bayi yang baru lahir secara rutin akan mendapat pemeriksaan refleks ini. Adanya refleks ini justru menjadi tanda bahwa sistem persarafannya berfungsi degan baik. Anda akan mendapatkan bahwa refleks ini kelak akan semakin berkurang dan akhirnya akan sama sekali hilang (Tentu saja bayi anda dapat terkejut pada segala usia, tetapi degan pola kedutan yang berbeda.). ;-)

      Dibedong usia segitu boleh saja.. Jika nanti terlihat buah hati Anda ingin bebas bergerak, bisa dibuka saja.. Tidak akan jadi kebiasaan, justeru nantinya bayi akan ingin bebas bergerak.. ;)
      Bisa lebih pulas karena dengan dibedong membuat si bayi serasa sedang dipeluk..

  6. bunda kenzou April 14, 2014 at 1:34 am #

    Assalamualaikum…

    Bayi saya skrg umur 4bln. Kalau malam tidurnya tidak bisa nyenyak & seperti gelisah kdang terbangun & menangis, saya susui pun dia hanya mau sebentar setelah itu tidak mau lg & itu tdk membantu, kalau malam tidur’y jam 9 kdang jam 10mlm bangun’y jam 7 kadang jam 8. kalo pagi stlah mandi tdur’y cm sebentar2 tidak smpai 1jam. Kalau tidur siang jam 12-4sore. Apa itu sudah cukup?
    apa nanti akan menggangu perkembangan’y nanti. Bayi saya minum ASI dan susu formula SGM.
    mohon solusi’ya. Terimakasih…

    • tips-bayi April 19, 2014 at 2:39 am #

      bunda kenzou

      Jangan khawatir Bun….
      Pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Bunda menemukan pola tidur yang pas..

      Untuk Sementara ini lakukan kebiasaannya dulu tapi sedikit demi sedikit dirubah.. ;)

      Untuk membentuk kebiasaan pola tidur pada bayi Bunda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya ketika sudah mulai ngantuk atau ketika terbangun, disusui atau ditenangkan dengan bisikan akan membentuk pola tidur bayi Bunda yang bagus..hindari menggendong bayi Bunda atau membiasakan dengan ayunan ketika akan tidur atau ketika terbangun, ini akan menjadi kebiasaan yang kurang baik..

  7. wenny April 3, 2014 at 10:50 am #

    slm sjhtera,mau tny ne bun ank saya skrg umurny 6 bln,knp qlo malam hr dia gk mau mnm susu ya?ud gt knp kulit badan ny belang2 gt..apa pengruh dr susu???thanks

  8. wenny April 3, 2014 at 10:47 am #

    halo salam sejahtera,mau tny ni ank sy skrg umur 6bln,knp skrg qlo mlm dia gk mau mnm susu ya..trus knp kulit badan ny bs belang2 gt ya..knp masalah ny ya…thanks

    • tips-bayi April 11, 2014 at 2:27 am #

      wenny,

      Gak mau minum susu malam, sepertinya memang ngantuk Bun.. Sudah mulai jadwal tidurnya beralih ke malam. Kecuali kalau minum susu gak mau dan bayi rewel atau demam, segeralah periksakan ke dokter.

      Badan belang-belang seperti apa ya Bun..? Memang ada tanda yang ditimbulkan akibat alergi susu sapi dibagi atas Reaksi cepat yaitu dalam 45 menit setelah paparan, berupa: erupsi pada kulit, bersin-bersin, batuk, hidung berair, ngorok. Reaksi lambat (terjadi dalam 20 jam) setelah paparan berupa diare, pucat, muntah. Reaksi sangat lambat (setelah 20 jam) berupa diare, gejala gangguan pernafasan.. Akan tetapi bayi Bunda belum tentu alergi susu.. sebaiknya periksakan ke DSA

  9. nurul hikmah tania March 20, 2014 at 2:40 am #

    mau sharing donk anak saya umur 1thn 5bln klo tidur malam suka bangun terus sekitar 1 jam sekali bhkan sering untuk nyusu dn klo nyusu itu lama bgt krna kebetulan msh asi .wajarkah seperti itu
    terima kasih

    • tips-bayi April 1, 2014 at 7:33 am #

      nurul hikmah tania,

      Masih wajar Bun.. dan bagus masih memberikan ASI, pertahankan sampai usia 2 tahun Bun.. Alloh Swt akan membalas pengorbanan dan kesabaran Bunda.. ;)

      Dan pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Bunda menemukan pola tidur yang pas.. Meskipun demikian mulailah membuat pola tidur yang baik..

  10. Mama Keisha March 16, 2014 at 2:23 pm #

    Assalamualikum…
    Baby sy perempuan berusia 8bln bb 7kg dan tb 70cm.Sekitar 2 minggu lalu anak sy kena DB sampai fase DSS, dan sempat masuk ICU. Sekarang alhamdulilah sudah sehat dan ceria lagi. Namun bayi saya sekarang tidurnya jadi kurang nyenyak..sering gelisah, terbangun dan nangisny agak histeris, frekuensi bangun bisa sampe 7x. Padahal sebelum dia sakit tidurnya suka nyenyak, dan kalaupun sampai bangun tidak sampai nangis. Kira2 apa yg harus sy lakukan ya tipsbayi? Mengingat bayi saya BB nya kurang, kira2 mpasi apa yg bagus supaya BBny cepet naik? Mohon penjelasannya ya :) Terimakasih tipsbayi…

    • tips-bayi April 1, 2014 at 4:38 am #

      Mama Keisha,

      Wa’alaikumussalam..

      Alhamdulillah Keisha sudah melewati masa kritis dan sudah sehat kembali. Ya Bun.. sepertinya Keisha masih trauma dan masih terbiasa dengan suasana terbangun ketika sakit.. Berikan ketenangan dengan mengajak berbicara dan memeluknya. Buatlah suasana tidur yang menyejukan dan tenang. Selalulah Bunda ada di sisi Keisha ketika akan beranjak tidur.

      BB Keisha masih kurang karena baru saja sembuh. Untuk membangun kembali BB Keisha, berikan menu dengan kandungan karbohidrat dan protein yang cukup. Buatlah dengan terjadwal, jangan lupa sayuran dan buah-buahan. ;)

      Semoga Keisha tetap sehat dan lekas gemuk kembali..

  11. bitek March 12, 2014 at 11:29 am #

    ass..wr..wb,,
    anak saya susah tidur
    memang dia gag minum asi tvi dia minum susu SGM
    tapi semenjak dia berusia 5 bulan dia susah banget buat tdr
    mohon solusinya ya

    • tips-bayi March 31, 2014 at 4:09 pm #

      bitek,

      Wa’alaikumussalam Wr. Wb.,

      Susah tidur siang atau tidur malam..? Atau memang susah sama sekali tidur..?
      Kalau memang demikian, kurangilah rangsangan bermain pada jam-jam waktu tudurnya, mulailah membuat pola tidur, Bunda buat suasana yang tenang jika sudah memasuki jawal tidurnya, redupkan lampu ruangan, bentuk jadwal dengan membiasakan bayi Bunda dibawa ke dalam suasana tenang setiap jadwal tidur yang diharapkan.. bentuk kebiasaan pada bayi Bunda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya , disusui atau ditenangkan dengan bisikan, itu akan membentuk pola tidur bayi Bunda yang bagus.. ;)

  12. Bunda Haya March 6, 2014 at 1:49 pm #

    Assalamualaikum..
    Sejak remaja sampai sebelum menikah, saya beberapa kali berkesempatan membantu kakak dan sepupu merawat bayi2 mereka termasuk menidurkan dan alhamdulillah tidak pernah ada masalah berarti. Tapi begitu punya anak sendiri, menidurkan anak menjadi hal yang sangat sulit. Sejak usia 2 minggu sampai sekarang usianya hampir 8 bulan, anak saya haya hampir selalu tidur siang dengan cara digendong. Padahal sejak awal kami sudah mencoba menidurkannya dengan dikelonin (menyusui sambil tiduran), biasanya haya tertidur sambil mulutnya tetap menyusu, hanya saja kalo dilepaskan langsung sadar. Pernah juga ditepuk-tepuk bokongnya, disapu-sapu punggung atau dahinya malah bisa mnghilangkan kantuknya. Juga sudah usaha mengkondisikan kamar, diredupkan, suhunya diatur senyaman mungkin, popok dan pakaian sepertinya jg sudah nyaman, juga tidak berhasil. Dan wlwpun tidur digendong sudah tampak nyenyak, jika diletakkan walaupun sudah berusaha seperlahan mungkin, biasanya akan langsung bangun. Alhamdulillah, kata dsa tum-bang nya baik. Tp msh bertanya2 apa penyebabnya ya…

    • tips-bayi March 27, 2014 at 3:30 am #

      Bunda Haya,

      Wa’alaikum salam..

      Alhamdulillah tumbuh kembang Haya baik.. jika hanya itu keluhannya memang itu hanya masalah kebiasaan saja, nantinya akan berubah seiring dengan bertambah usia dan berganti kebiasaannya.. ;)
      Jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya Haya menemukan pola tidur yang pas.. tidak harus tidur di gendongan..

  13. Widi February 25, 2014 at 4:36 am #

    Assalamualaikum wr wb..

    Bebi saya laki2, skrg udah 3.5 bln dan sejak 2.5 bulan tidur malemnya suka kebangun tiap satu jam, dan biasanya lgsg sy susui. Klo siang jg bgtu malah hrs dipangku krn klo tidak gampang terbangun nantinya. Apa penyebabnya dan Solusinya apa ya bu? Apa ada pengaruh dr makanan sy yg bikin dia kolik via asi? sy hny memberikan asi tnp sufor. Jumlah jm tidurnya rata2 14jam, apa sdh bagus? Bayi saya lahir di uk 36w, dismatur 1800gr, 44cm. Skrg sdh 5.4kg, 59cm..

    Terimakasih.

    • tips-bayi March 8, 2014 at 6:58 am #

      Widi,

      Wa’alaikumussalam Wr. Wb.,

      Banyak minum ASI bagus Bun.. berikan saja.. ;)
      Karena lambung bayi masih kecil, maka akan cepat penuh dan cepat lapar kembali. Maka pada malam akan serijadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakinng terbangun..jadwal

      14 jam tidur cukup Bun..

      Dan pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Bunda menemukan pola tidur yang pas.. Meskipun demikian mulailah membuat pola tidur yang baik..

      Lambung yang penuh juga bisa bikin bayi gumoh. Ini terjadi karena makanan yang terdahulu belum sampai ke usus, sudah diisi makanan lagi. Akibatnya si bayi muntah. Lambung bayi punya kapasitasnya sendiri. Misalnya bayi umur sebulan, ada yang sehari bisa minum 100 cc, tapi ada juga yang 120 cc. Nah, Bunda harus tahu kapasitas bayinya. Jangan karena bayi tetangganya minum 150 cc lantas si Bunda memaksakan bayinya juga harus minum 150 cc, padahal kapasitasnya cuma 120. Jelas si bayi muntah.. ;)

      Bisa saja jika bayi Anda sensitif dengan beberapa makanan Bundanya, misal jika bundanya makan makanan yang mengundang kembung maka bayi Anda akan merasa tidak enak perutnya.. Sayuran yang mengandung gas tersebut, seperti kol dan kembang kol. ;)

      Ada baiknya juga Anda kunjungi artikel kolik

  14. Dinar Kurniati January 1, 2014 at 2:26 pm #

    Assalamu’alaikum Wr Wb
    Anak sy akan menginjak 8 bulan besok. Selama 2 bulan terakhir dia tidak nafsu minum Asi ataupun Sufor. Mimi nya cuma 1-2 menit. Di kasih sufor cm minum 50 ml juga harus di paksa.Dia mau makan mkanan solid seperti nasi tim atau bubur cereal. Tapi sy khawatir dia kekurangan susu yang seharusnya masih mnjadi mkanan utama.
    Dia di diagnosa alergi susu sapi.. jadi harus minum sufor berbasis soya.
    Kira kira gmn ya cara nya buat dia mau minum susu?
    Oh ya, temn sy bilang mungkin dia ‘bingung puting’ karena dr umur 3 bln dia ngempeng dan jdi ketergantungan.

    Mohon bantuannya ya agar dia bisa minum susu.
    Jazakallah khoiron Katsiron

    • tips-bayi January 8, 2014 at 6:28 am #

      Dinar Kurniati,

      Wa’alaikumussalam Wr. Wb.,

      Memang biasanya jika bayi sudah mendapatkan MPASI maka minat minum susunya akan berkurang. Untuk mensiasatinya Bunda bisa campurkan jatah susu harian bayi Bunda (ASI atau sufor) ke dalam MPASI nya.. ;)

  15. Anonymous December 22, 2013 at 1:56 am #

    dear…
    Anak ku usia 2 bulan 2 minggu kalau tidur miring kekiri terus, aku liat pala nya udah peyang.. Terus kalau tidurnya aku ganjal bantal sebelah kiri biar dia tidur nya gak miring bahaya gak ya bun.. Terimakasih

    • tips-bayi January 7, 2014 at 3:35 am #

      Anonymous,

      Tidur miring normal saja.. dengan membiasakan gonta-ganti posisi tidur akan merubah bentuk kepala, bentuk kepalanya akan bagus, tidak peyang sebelah.
      Jadi manipulasi posisi tidur sangat berpengaruh. Maka posisikan tidur bayi Bunda bergantian dan berfariasi.. ;)

  16. wulan December 14, 2013 at 8:14 am #

    ass….
    saya punya bayi berusia 1tahun…awal nya dr umur 9bulan bayi saya susah bgd makan nya,trus saya konsu;l k bidan akhirny d beri obat penambah nafsu makan…kira2 sebulan anak saya mau makan…setelah itu gk lg….saya minta tips dunk gmn biar anak sya makan ny lahap…….
    trus satu lagi…anak saya klo mau tidur itu pasti rewel….dy bisa nahan mata nya yg udh ngantuk berat…pengen ny berdiri n jalan trus…..sehari paling beberapa jam aja bwt tidur…..tolong tips nya ya…..trims
    wss……

    • tips-bayi December 31, 2013 at 2:58 am #

      wulan,

      Wa’alaikum salam,

      Selain memberikan menu yang variatif .. Untuk mengatasi anak Bunda yang susah makan atau kurang nafsu makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Bunda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Bunda yang paling dekat dengan anak Bunda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Bunda, penting bagi orang tua untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Bunda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Bunda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Bunda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Bunda atau orang yang biasa menyuapi anak Bunda..

      * Pintar-pintarlah Bunda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Bunda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Bunda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Bunda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Bunda akan berterima kasih suatu hari nanti !

      Bayi rewel bisa karena:

      1. Merasa tak nyaman
      Ketika merasa tak nyaman dengan kondisi tubuhnya, seperti popoknya basah, baju yang terlalu ketat, kasar, atau gatal, bayi juga akan sering menangis. Kondisi lain yang terjadi di sekitarnya seperti suasana kamar yang terlalu terang atau gelap, bosan dan tidak ingin ditinggal sendirian, juga akan membuatnya protes melalui tangisan.

      2. Kepanasan atau kedinginan
      Karena kulitnya yang masih tipis, maka bayi cenderung lebih sensitif terhadap perubahan suhu.

      Untuk tahu apakah bayi kedinginan atau kepanasan jangan gunakan suhu telapak tangan dan kaki bayi sebagai tolak ukurnya. Karena tangan dan kaki memang cenderung lebih dingin dibandingkan anggota tubuh lainnya..

      3. Minta digendong
      Pada dasarnya semua bayi selalu ingin didekap oleh orangtuanya. Kontak kulit bayi dan orangtua ini diperlukan untuk menghadirkan suasana yang nyaman bagi bayi. Ada penelitian yang membuktikan bahwa para ibu yang biasa menggendong bayi mereka ke mana-mana biasanya bayinya akan lebih jarang menangis.

      4. Mengantuk
      Kadangkala bayi tidak dapat jatuh tertidur sendiri, sehingga mereka menangis karena membutuhkan bantuan untuk membantu mereka tertidur.

      5. Sakit
      Bayi menangis juga bisa disebabkan karena mereka sedang sakit. Ini juga bisa menjadi pertanda bahwa kemungkinan mereka akan terserang penyakit. Ketika mereka rewel karena sakit, Anda juga harus memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Karena bisa jadi bayi yang masih menyusu ini alergi dengan makanan yang sedang dikonsumsi, alergi pada obat yang dikonsumsi ibu, atau ibu terlalu banyak mengonsumsi kafein .. ;)

  17. Wiji December 9, 2013 at 9:40 am #

    Bayi Saya sudah berumur 4 bulan 3 hari …. kalau tidur matanya merem melek mulu… mintanya digendong sambil jalan-jalan baru diam, kalau dibawa duduk nangis apalagi dibaringkan pasti tambah kenceng nangisnya. Siang atau malam begitu juga. Tapi kadang-kadang terlihat ceria juga, cuma lidahnya ada putih-putihnya yang kata orang itu namanya “guam”. sudah diobati tapi belum hilang juga…. ada tipsnya ga ya buat ngilangin tuh guam di lidah bayi saya?

    • tips-bayi December 11, 2013 at 9:32 am #

      Wiji,

      Karena bayi Bunda sudah terbiasa, maka terus keenakan gitu Bun.. Mulailah membentuk kebiasaan baru, untuk membentuk kebiasaan pola tidur pada bayi Bunda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya ketika sudah mulai ngantuk atau ketika terbangun, disusui atau ditenangkan dengan bisikan akan membentuk pola tidur bayi Bunda yang bagus..hindari menggendong bayi Bunda atau membiasakan dengan ayunan ketika akan tidur atau ketika terbangun, ini akan menjadi kebiasaan yang kurang baik.. ;)

      Bibir putih.. apa bayi Anda rewel? Bila rewel kemungkinan sariawan.. Sariawan pada bayi umumnya disebabkan oleh jamur.. Sebetulnya sariawan bisa sembuh sendiri. Namun sariawan karena jamur harus diobati dengan obat anti-jamur. Biasanya memakan waktu penyembuhan sekitar seminggu.

      Kami tidak bisa melihat putih seperti apa.. Bisa saja hanya bekas susu..

  18. indah November 21, 2013 at 3:31 pm #

    Thanks ya tips ternyata saya sdh dapat jawabanny kmrn kenapa bayi saya seminggu ini nangis, ternyata gara2 saya ganti dot botol susunya dari ukuran S ke M, stelah saya kembalikan lg ke ukuran S dia sdh kembali baik, bayi saya minum asi perah tanpa formula, thanks ya tips atas infony

    • tips-bayi November 22, 2013 at 4:19 am #

      indah

      Alhamdulillah kalau sudah tidak rewel lagi… :-) Pertahankan terus pemberian ASI sampai usia 2 tahun.

      Sama-sama Bun.. :-)

  19. indah November 14, 2013 at 3:23 pm #

    Dear tips, bayi laki2 saya skrg berusia 2 bln 22 hari, sudah seminggu ini tiap siang bayi saya suka nangis sambil berontak, klo sdh nangis begini dikasih susu gak mau, ditepuk2 sambil duduk juga gak mau, mauny kita berdiri goyang sambil tepuk2 pantatny sampai akhirny dia tertidur, apalagi klo bayi saya kasih org lain gendong waktu saya makan atau mandi, bayi saya bisa nangis lama banget baru diam, apakah itu normal tips? klo tidur pada waktu siang bayi saya tidak mau di taruh di tempat tidur,pasti bangun lagi klo ditaruh, kadang saya akali klo saya lelah saya tidur dan kepala bayi saya taruh di lengan sambil pantatny ditepuk jadi serasa digendong, tp malam dia tidur bagus banget di tempat tidur jam 8 malam sdh saya ksih tidur sampai pagi, dan biasanya terbangun 2 kali untuk minum trus tidur lagi, adakah solusi untuk keadaan bayiku saat ini tips, thanks sebelumny

    • tips-bayi November 21, 2013 at 5:50 am #

      indah,

      Sepertinya bayi Bunda terlihat normal saja, hanya karena kebiasaan saja.. :)

      Bunda juga harus mengetahui kenapa bayi Bunda menangis..

      Kita biasanya masih sering salah mengenali makna tangisan bayi. Akibatnya, bayi akan tetap menangis walaupun sang ibu sudah berusaha memberikan apa yang diinginkannya Ternyata “Bayi yang menangis itu bukan hanya berarti ia lapar,” selain karena lapar, ada beberapa penyebab mengapa bayi menangis.

      1. Merasa tak nyaman
      Ketika merasa tak nyaman dengan kondisi tubuhnya, seperti popoknya basah, baju yang terlalu ketat, kasar, atau gatal, bayi juga akan sering menangis. Kondisi lain yang terjadi di sekitarnya seperti suasana kamar yang terlalu terang atau gelap, bosan dan tidak ingin ditinggal sendirian, juga akan membuatnya protes melalui tangisan.

      2. Kepanasan atau kedinginan
      Karena kulitnya yang masih tipis, maka bayi cenderung lebih sensitif terhadap perubahan suhu.

      Untuk tahu apakah bayi kedinginan atau kepanasan jangan gunakan suhu telapak tangan dan kaki bayi sebagai tolak ukurnya. Karena tangan dan kaki memang cenderung lebih dingin dibandingkan anggota tubuh lainnya..

      3. Minta digendong
      Pada dasarnya semua bayi selalu ingin didekap oleh orangtuanya. Kontak kulit bayi dan orangtua ini diperlukan untuk menghadirkan suasana yang nyaman bagi bayi. Ada penelitian yang membuktikan bahwa para ibu yang biasa menggendong bayi mereka ke mana-mana biasanya bayinya akan lebih jarang menangis.

      4. Mengantuk
      Kadangkala bayi tidak dapat jatuh tertidur sendiri, sehingga mereka menangis karena membutuhkan bantuan untuk membantu mereka tertidur.

      5. Sakit
      Bayi menangis juga bisa disebabkan karena mereka sedang sakit. Ini juga bisa menjadi pertanda bahwa kemungkinan mereka akan terserang penyakit. Ketika mereka rewel karena sakit, Anda juga harus memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Karena bisa jadi bayi yang masih menyusu ini alergi dengan makanan yang sedang dikonsumsi, alergi pada obat yang dikonsumsi ibu, atau ibu terlalu banyak mengonsumsi kafein .. ;)

  20. winingsih November 14, 2013 at 4:13 am #

    assalamualaikum wr.wb

    anak saya umur 8 bulan kalau malam tidur sering gelisah tapi matanya masih merem. selalu merengek. kemudian saya gendong sebentar trus tidur lagi habis itu bebrapa menit begitu lagi sudah 1 mingguan. sampai saya berfikiran mau minta kalung dari orang tua itu kata orang jaman dulu… malam minum susu botol nggak begitu mau.

    • tips-bayi November 18, 2013 at 6:33 am #

      winingsih,

      Wa’alaikum salam Wr. Wb.,

      Masya Alloh jangan dikalungin gitu Bun.. :)

      Kalau sedang bangun bayi Bunda aktif dan sehat kan..? Tidur gelisah biasa Bun.. Bisa tidur gelisah kemungkinan bayi Bunda terlalu banyak bermain atau ransangan dari orang sekitar untuk bermain, apalagi bila bermainnya menjelang waktu tidurnya, ini akan terbawa pada memorinya disaat tidur.., dan menyebabkan tidurnya lasak.. ini NORMAL..

      Bagus ASI bun jangan susu botol.. :)

  21. ela November 11, 2013 at 3:43 am #

    bayi saya usia 9 bulan selalu tidur dibawah jam 8 malam,3 jam kemudian selalu terbangun setelah saya susui dan tidur kembali bayi saya selalu terbangun setiap 1-2 jam sekali,perlu diketahui makannya banyak tapi berat badan nya sulit naik,apakah hal ini masih normal ?

    • tips-bayi November 14, 2013 at 3:51 am #

      ela,

      Pola tidur bayi seperti itu Bun.. dengan sendirinya nanti akan terbentuk sehingga nantinya bangun malam akan berkurang. Alangkah baiknya Bunda buat kebiasaan sejak dini agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya , disusui atau ditenangkan dengan bisikan, itu akan membentuk pola tidur bayi Bunda yang bagus.. ;)

      Bagus dan pertahankan makan yang banyak nya.. Untuk usia segitu adakalanya seperti tidak ada perkembangan, padahal sebenarnya makanan berubah menjadi energi untuk memenuhi kebutuhan perkembangan aktifitas yang meningkat. Berbeda ketika masih belum banyak aktifitas, makanan langsung berubah menjadi berat badan.. Begitu penjelasan sederhananya Bun.. NORMAL saja bun.. :)

  22. indira ahmed November 3, 2013 at 5:18 pm #

    Assalammualaikum,
    Saya melhrkan bayi laki2tgl 28 septmber lalu, jd sekrng bayi saya berusia 1 bln 1 minggu, asi saya g keluar selm 1 minggu setelh bayi saya lhr selmn1 minggu itu saya ksh sufor yg sama merknya dari rumh sakit. Dan krn sudh terbiasa minum sufor bayi saya g mw minum ASI secara lngsng, jd saya pompa setiap hr,, awal2nya ASI sy bnyk tp setelah itu ASI saya berkurang,, saya terus pompa tiap tp hny sedikit keluarnya.sekrng saya hny memberi sufor saja, apa tdk apa2 saya tdk memberi ASI lg k bayi saya yg bru berusia 1 bln 1 minggu ini?
    Dan sudah bebrp hr ini bayi saya ssh tdr dmlm hari,, dr bngun pgi sampai maghrib tdrnya normal,, lapar per 2 jam,, tp setelh maghrib bayi saya hny tdr 30 mnt dan per 1 jam lapar,, tp susu yg sy kasih tdk hbs diminumnya, semalaman hanya menangis nangis kcl,, mengantuk tp tdk bs tdr baru tetidur lelap jam 8 pagi,, apa itu tdk mslh,, saya takut krn kurang tdr perkembangan fisik n otaknya terganggu,, apa yg hrs saya lakukan agar bayi saya tertidur lelap dmlm hari?
    Sebelum n sesudhnya saya ucapkan bnyk2 terima kasih

    • tips-bayi November 6, 2013 at 7:05 am #

      indira ahmed,

      Wa’alaikumussalam,

      ASI sudah tidak keluar sama sekali ya..? Kalau masih bisa dipertahankan untuk keluar ASI-nya bagus Bun.. Rileks jangan dibuat beban, karena dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI.

      Pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Bunda menemukan pola tidur yang pas..

      Karena belum bisa bicara, berjalan, dan melakukan segala sesuatu sendiri, bayi hanya bisa menangis. Tangisan bayi merupakan cara yang paling ampuh untuk berkomunikasi dengan kita..

      Namun, kita biasanya masih sering salah mengenali makna tangisan bayinya. Akibatnya, bayi akan tetap menangis walaupun sang ibu sudah berusaha memberikan apa yang diinginkannya Ternyata “Bayi yang menangis itu bukan hanya berarti ia lapar,” selain karena lapar, ada beberapa penyebab mengapa bayi menangis.

      1. Merasa tak nyaman
      Ketika merasa tak nyaman dengan kondisi tubuhnya, seperti popoknya basah, baju yang terlalu ketat, kasar, atau gatal, bayi juga akan sering menangis. Kondisi lain yang terjadi di sekitarnya seperti suasana kamar yang terlalu terang atau gelap, bosan dan tidak ingin ditinggal sendirian, juga akan membuatnya protes melalui tangisan.

      2. Kepanasan atau kedinginan
      Karena kulitnya yang masih tipis, maka bayi cenderung lebih sensitif terhadap perubahan suhu.

      Untuk tahu apakah bayi kedinginan atau kepanasan jangan gunakan suhu telapak tangan dan kaki bayi sebagai tolak ukurnya. Karena tangan dan kaki memang cenderung lebih dingin dibandingkan anggota tubuh lainnya..

      3. Minta digendong
      Pada dasarnya semua bayi selalu ingin didekap oleh orangtuanya. Kontak kulit bayi dan orangtua ini diperlukan untuk menghadirkan suasana yang nyaman bagi bayi. Ada penelitian yang membuktikan bahwa para ibu yang biasa menggendong bayi mereka ke mana-mana biasanya bayinya akan lebih jarang menangis.

      4. Mengantuk
      Kadangkala bayi tidak dapat jatuh tertidur sendiri, sehingga mereka menangis karena membutuhkan bantuan untuk membantu mereka tertidur.

      5. Sakit
      Bayi menangis juga bisa disebabkan karena mereka sedang sakit. Ini juga bisa menjadi pertanda bahwa kemungkinan mereka akan terserang penyakit. Ketika mereka rewel karena sakit, Anda juga harus memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Karena bisa jadi bayi yang masih menyusu ini alergi dengan makanan yang sedang dikonsumsi, alergi pada obat yang dikonsumsi ibu, atau ibu terlalu banyak mengonsumsi kafein atau alkohol.. ;)

    • ira asnawati November 23, 2013 at 7:52 am #

      bun.. bayi sya tu klw siang sush tdur. dya mw ny susu asi tpi asi ny udh gk kluardi ks d dot gk mw.solusi ny gmn?? klw mlm bobo ny nyenyk. byi sya dh 2 bln..r

      • tips-bayi November 25, 2013 at 6:42 am #

        ira asnawati,

        Bayi nya pintar ya.. tau yang terbaik untuk dirinya, ASI.. :)
        ASI sudah gak keluar atau sedikit..? Kalau sedikit, sebaiknya tetap diberikan saja.. Insya Alloh jika Bunda dalam keadaan RILEKS ASI bisa terproduksi kembali. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI.

        Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun…

        Pola tidur dengan sendirinya akan berubah menjadi lebih teratur, namun demikian.. tetap kita biasakan membiasakan membuat pola tidur yang teratur. Bentuk jadwal dengan membiasakan bayi Bunda dibawa ke dalam suasana tenang setiap jadwal tidur yang diharapkan.. bentuk kebiasaan pada bayi Bunda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya , disusui atau ditenangkan dengan bisikan, itu akan membentuk pola tidur bayi Bunda yang bagus.. ;)

  23. ida October 6, 2013 at 1:16 am #

    Saya bru mlahrkan bulan septembr kmren skarang bayi sya brusia 3 minggu.. Bayi sya sangat susah tidur malam,,suka gelisah ngeden2 jga..bila disusui suka menangis ngamuk2 sampai saya gk tega dan memberinya susu formula..itu kira2 gara2 ap ya bu??dy jga gk mau tidur dibawah maunya tdur dibadan orang tuanya..

    • tips-bayi October 7, 2013 at 6:38 am #

      ida,

      Sudah diperiksakan ke bidan atau DSA Bun..? Jika rewel dan tidak mau menyusu sebaiknya bunda bawa ke DSA untuk diperiksakan. Tapi kalau masih bagus menyusu ASI nya, Bunda jangan khawatir. Pertahankan pemberian ASI nya, dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

      Jika yang Bunda berikan bukan ASI tapi sufor, sepertinya sufornya tidak cocok, untuk saat ini sebaiknya bunda hentikan dan ganti sufornya dengan merk lain.. Semoga buah hati Bunda baik-baik saja.. ;)

  24. tipsbayi October 2, 2013 at 7:08 am #

    tips yang sangat berguna

  25. siti September 19, 2013 at 10:44 am #

    asalamualaikum? mau tanya kenapa yach bayi saya berumur 4 bulan susah buat tdr malam, suka bangun dari jam 11 sampai jam setengah 6 baru tdr lagi, itu akibatnya kenapa? dan harus gimana supaya kalau mlm bisa tdr nyenyak bayi saya, tapi kalau siang bayi saya tdr nya nyenyak.kadang kalau mau tidur itu harus nangis dulu, dan kenapa pada saat bayi dia tidak rewel, dan pas mengijak umur 4 bulan dia sering merengek dan nangis kecang.

    • tips-bayi September 25, 2013 at 9:49 am #

      siti

      Wa’alaikumsalam,

      Bunda.. karena bayi Bunda tidur siangnya nyenyak.. sehingga tidur malamnya berkurang, tapi Bunda jangan khawatir.. Pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Bunda menemukan pola tidur yang pas..

      Untuk pola tidurnya…
      .Bunda buat suasana yang tenang, redupkan lampu ruangan, bentuk jadwal dengan membiasakan bayi Bunda dibawa ke dalam suasana tenang setiap jadwal tidur yang diharapkan.. bentuk kebiasaan pada bayi Bunda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya , disusui atau ditenangkan dengan bisikan, itu akan membentuk pola tidur bayi Bunda yang bagus..

      • Elisabet November 1, 2013 at 2:20 am #

        wah, pengalaman bunda sama dengan saya.
        Anak saya sudah tdk mau gendong ditimang,,,dia suka jika bermain berdiri, dan duduk..(mungkin sudah bosan tidur melulu hehehe) yang ingin saya tanyakan
        1. Apakah boleh bayi umur 4 bulan diajarkan berdiri dan duduk? Apakah akan mempengaruhi bentuk kaki dan struktur tulang pinggangnya?
        2. Apakah Bayi pipis mengejan karena diajarkan duduk sebelum waktunya?
        2. Bayi saya keputihan sejak lahir (bawaan saya saat hamil) sampai sekarang, bagaimana cara aman membersihkannya, apakah akan hilang dgn sendirinya atau harus diobati.

        Mohon jawabannya ya
        Terima kasih ;)

        • tips-bayi November 6, 2013 at 3:17 am #

          Elisabet,

          1. Untuk belajar berdiri pinggangnya harus sudah kuat dan sudah bisa duduk tegak sendiri. Untuk belajar duduk harus bertahap dari mulai disandarkan dengan kemiringan landai hingga nantinya bisa biasa duduk tegak sendiri. Kalau memaksakan belajar berdiri atau duduk tegak ketika organnya belum siap, maka akan berakibat fatal juga Bun..

          2. Mengejan karena bayi masih belajar, wajar Bun..

          3. Selama bayi berada di dalam rahim, ia mendapat pasokan makanan dan oksigen dari darah ibu yang mengalir ke dalam tubuhnya. Karena itu, mau tak mau, dia juga terpapar aneka senyawa kimia yang ada dalam darah ibu. Salah satunya adalah hormon, khususnya hormon estrogen yang akan terbawa sampai bayi lahir.

          Pada bayi perempuan, keberadaan hormon ibu tersebut akan menyebabkan ia mengeluarkan cairan lendir seperti keputihan dari vaginanya. Kadang cairan itu berwarna merah muda, mirip bercak darah haid pada popoknya. Akan berhenti dengan sendirinya, jangan khawatir. Bersihkan seperti biasa saja ketika mandi.. ;)

  26. inka September 5, 2013 at 4:57 am #

    ass..
    mo tnya dunk bayi saya berumur 4 bln knp yah akhir2 ini klo trd malam hari suka gelisah.bayi saya skrg sedang flu dan batuk.mata nya sih merem cm tangan,kaki sm badan nya bergerak2 terus kya yang gelisah knp yah penyebabnya.setiap brp menit sekali gelisah tp ga bkin dia bangun sih cm gelisah aja.

    • tips-bayi September 10, 2013 at 6:24 am #

      inka,

      Wa’alaikumussalam..

      Gelisah karena bayi Bunda memang sedang tidak enak badan.. Dan jika sedang sehat bisa juga tidur gelisah karena bayi Bunda terlalu banyak bermain atau ransangan dari orang sekitar untuk bermain, apalagi bila bermainnya menjelang waktu tidurnya, ini akan terbawa pada memorinya disaat tidur.., dan menyebabkan tidurnya lasak.. ini NORMAL.. ;)

  27. bunda alma July 11, 2013 at 8:15 am #

    Assalamualaikum…
    mau tanya,bayi saya 3m15hri sudah 2minggu ini sering kembung dan hobi ngeden2 sambil bersuara,kalau sudah ngeden keluar kentut keras spt orang dewasa dan bab 1x sehari kdng 2x,bayi saya asi exclusive aapakah hal itu normal,kebiasaan ngeden berkurang kira2 usia brp buln ya?trus kalau siang jarang tidur lbh bnyk tidur malam hari..

    • tips-bayi July 17, 2013 at 3:50 am #

      bunda alma,

      Wa’alaikumussalam..

      Tidak apa-apa Bun NORMAL.. lagi belajar ngeden.. nanti juga berhenti belajarnya.. ;-)

      Susah bobo siang.. Jangan diajak main terus.. Susui Alma apabila sudah terlihat mengantuk. Atau posisikan di tempat tidur jika sudah terlihat mengantuk.. Misalnya, mengucek-ngucek mata, menarik telinga, atau terlihat bayangan gelap di bawah matanya. Jika Anda menangkap tanda-tanda seperti ini, atau tanda-tanda mengantuk lainnya, tidurkanlah si kecil segera..

      Boleh ditepuk-tepuk perlahan. Ciptakan suasana sekitar yang tenang. Redupkan lampu ruangan..

      Biasakan membentuk pola tidur yang baik, karena perkembangan otak bayi terjadi ketika bayi sedang tidur..

      Belum terlambat, Anda dapat melatihnya membentuk pola tidur yang baik pada usia ini, dengan cara:
      o Menetapkan waktu tidur malam dan siang
      o Bentuklah rutinitas sebelum tidur

      • nurainun August 29, 2013 at 4:29 am #

        putra kami usianya pas 40hr ini. Kebetulan sjak lahiran asi bundanya kurang,jd disarankan bantu susu formula sambil usaha buat asi.
        Awalx pake sendok disuapin,tp dari kakek neneknya minta pake dot sj dan asi dipompa kemudian dot karna kasian liat cucunya sudah ngebet kali. Alhasil sekarang putra kami tidak mau menyusu langsung ke bundanya,dan asi pun sm skali tidak keluar. Kalopun dipompa keluarx lama.
        Tiap minum susu formula pun biasa dimuntakan kembali it kenapa ya? Apa harus di kasi sendawa dulu ato bemana ya?mohon saranx :)

        • tips-bayi September 3, 2013 at 7:24 am #

          nurainun

          Kurang ASI nya? Dengan memberikan ASI terus menerus bukan akan berkurang tetapi ASI akan bertambah justru bila tidak disusukan maka ASI akan berkurang.. Jadi meskipun kurang, terus saja susukan ASI nya..

          Hmm.. memang Bundanya tidak bisa coba lagi memberikan ASI ya..? Bagus sekali kalau Bundanya bisa kembali memberikan ASI, banyak makan sayuran bagus untuk membantu produksi ASI..

          Ingat prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi, jadi siapa tahu kalau dicoba diberikan lagi ASI nya akan keluar lagi. Yang tidak kalah pentingnya : Ibunya harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI.

          Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun… ;-)

          Lambung yang penuh bisa bikin bayi gumoh. Ini terjadi karena makanan yang terdahulu belum sampai ke usus, sudah diisi makanan lagi. Akibatnya si bayi muntah. Lambung bayi punya kapasitasnya sendiri. Misalnya bayi umur sebulan, ada yang sehari bisa minum 100 cc, tapi ada juga yang 120 cc. Nah, si ibu harus tahu kapasitas bayinya. Jangan karena bayi tetangganya minum 150 cc lantas si ibu memaksakan bayinya juga harus minum 150 cc, padahal kapasitasnya cuma 120. Jelas si bayi muntah… Atau makanan belum masuk sudah bermain aktif sehingga bisa juga mengakibatkan gumoh..

          Gumoh tidak apa-apa jika cairan yang keluar tidak lebih banyak dari pada cairan yang masuk. Gumoh bisa membahayakan bila cairan tersebut masuk ke dalam paru-paru. Ini yang disebut respirasi pneumonia. Oleh karena itu, menyendawakan bayi setelah minum susu sangat penting..

  28. Mama Gwen July 9, 2013 at 2:15 pm #

    Tips bayi, saya mau tanya, anak saya skrg umur 1thn dan tidurnya jarang sekali nyenyak, pdhl banyak yg bilang jika sudah 1 thn ke atas biasanya tidurnya sudah bs nyenyak dan jarang terbangun.
    Anak saya kalau tidur rata2 per 1-2 jam akan terbangun dan biasanya saya beri asi agar tidur lg, memang sampai skrg terbiasa kalau mau tdr diberi asi sampai tertidur. Saya pernah coba beberapa usaha agar anak saya bs tidur nyenyak, antara lain:
    1. diberi susu formula sebelum tidur (60-90ml), tetapi sepertinya tidak ampuh krn msh tidak nyenyak jg
    2. Urut bayi, krn ada yg bil mungkin tidak nyenyak krn keseleo, biasanya setelah urut akan nyenyak 1-2hr tapi setelah itu tidak nyenyak lagi
    3. Suhu kamar dibuat jd lebih dingin atau tidak dingin, tapi msh tidak nyenyak jg

    mohon sarannya, kira2 bagaimana caranya supaya anak saya bisa tidur dengan nyenyak? Terima kasih…

    • tips-bayi July 11, 2013 at 6:29 am #

      Mama Gwen

      Jangan khawatir Bun….
      Pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

      Untuk pola tidurnya…
      .Bunda buat suasana yang tenang, redupkan lampu ruangan, bentuk jadwal dengan membiasakan bayi Bunda dibawa ke dalam suasana tenang setiap jadwal tidur yang diharapkan.. bentuk kebiasaan pada bayi Bunda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya , disusui atau ditenangkan dengan bisikan, itu akan membentuk pola tidur bayi Bunda yang bagus..

      • umm umam August 3, 2013 at 9:41 am #

        Klo anak saya dari lahir sampai sekarang umur 3 bln gak pernah nyenyak knp ya paling 5-10 menit sudah bangun lg. Apakah krn kebiasaan disusui atau digendong sebelum tidur ya?

        • tips-bayi August 12, 2013 at 2:57 am #

          umm umam,

          Mungkin lapar atau haus Bun.. Ketika bayi Bunda tertidur dalam keadaan menyusu dan belum kenyang, jadi susui bayi Bunda kira-kira setengah jam sebelum tidur..

          Dan jika bayi Bunda tertidur karena nyaman digendong, jelaslah kalau diletakan di tempat tidur tidak akan bertahan lama karena memang lebih nyaman dipangkuan.. Maka biasakan agar bayi Bunda tertidur di tempat tidur.. ;-)

  29. mama fiqa May 31, 2013 at 11:57 am #

    Mau nanya ya? Fiqa usianya 1th, klu tidur msh harus minum asi dl, dan kenapa ya asi q banyak tapi anakq gk bisa gemuk malah cenderung kurus dan lemes, malam hari dia sering terbangun mimik asi, tp klu siang sy seling sufor itu pun pake sendok cz saran dr dokter.dikasih neosure? Apakah kualitas asi yg jelek jd anakku tdrnya gk nyenyak?

    • tips-bayi June 1, 2013 at 3:20 am #

      mama fiqa,

      ASI Bunda banyak.. sebaiknya berikan pada Fika jangan dibatasi.. Bagusnya kwalitas ASI Bunda tidak bisa ditandingi oleh SUFOR termahal sekalipun.. Yakinlah Allah Swt memberikan makanan terbaik untuk buah hati Bunda yaitu ASI.. ;-)

      Sehat tidak harus gemuk.. kurus bukan berarti sakit, kurus bisa saja turunan.. kalau tidak ada keluhan lain yang mencurigakan, Bunda jangan khawatir.. Tidur tidak nyenyak sering bangun? itu bisa karena lapar, haus, atau merasakan ketidaknyamanan di badan.

      Kalau ada keluhan lain yang mencurigakan, misalnya rewel terus.. Bunda coba bawa periksa ke DSA..

      • mama fiqa June 1, 2013 at 11:00 am #

        Sdh pernah 3 x ke dsa, diberi vitamin, zink, sm calk, saat konsumsi obat tsb berat bada ada knaikan n dia tdk rewel tp bila obat hbs, kembali sprti semula, sampai umur Eth BB cm 7.1kg TB 75, blm bs duduk sendiri dr tdr, gigi jg blm tumbuh, tp sdh bs duduk lumayan lama, tp sering sambil nagis aja klu main? Knp ya?

        • tips-bayi June 3, 2013 at 1:08 am #

          mama fiqa,

          DSA bilang Fiqa kenapa..? Jika obat habis.. hati-hati untuk memberikannya lagi harus konsultasi dengan DSA kembali..

          Fiqa rewel..? Karena belum bisa bicara, berjalan, dan melakukan segala sesuatu sendiri, bayi hanya bisa menangis. Tangisan bayi merupakan cara yang paling ampuh untuk berkomunikasi dengan kita..

          Namun, kita biasanya masih sering salah mengenali makna tangisan bayinya. Akibatnya, bayi akan tetap menangis walaupun sang ibu sudah berusaha memberikan apa yang diinginkannya Ternyata “Bayi yang menangis itu bukan hanya berarti ia lapar,” selain karena lapar, ada beberapa penyebab mengapa bayi menangis.

          1. Merasa tak nyaman
          Ketika merasa tak nyaman dengan kondisi tubuhnya, seperti popoknya basah, baju yang terlalu ketat, kasar, atau gatal, bayi juga akan sering menangis. Kondisi lain yang terjadi di sekitarnya seperti suasana kamar yang terlalu terang atau gelap, bosan dan tidak ingin ditinggal sendirian, juga akan membuatnya protes melalui tangisan.

          2. Kepanasan atau kedinginan
          Karena kulitnya yang masih tipis, maka bayi cenderung lebih sensitif terhadap perubahan suhu.

          Untuk tahu apakah bayi kedinginan atau kepanasan jangan gunakan suhu telapak tangan dan kaki bayi sebagai tolak ukurnya. Karena tangan dan kaki memang cenderung lebih dingin dibandingkan anggota tubuh lainnya..

          3. Minta digendong
          Pada dasarnya semua bayi selalu ingin didekap oleh orangtuanya. Kontak kulit bayi dan orangtua ini diperlukan untuk menghadirkan suasana yang nyaman bagi bayi. Ada penelitian yang membuktikan bahwa para ibu yang biasa menggendong bayi mereka ke mana-mana biasanya bayinya akan lebih jarang menangis.

          4. Mengantuk
          Kadangkala bayi tidak dapat jatuh tertidur sendiri, sehingga mereka menangis karena membutuhkan bantuan untuk membantu mereka tertidur.

          5. Sakit
          Bayi menangis juga bisa disebabkan karena mereka sedang sakit. Ini juga bisa menjadi pertanda bahwa kemungkinan mereka akan terserang penyakit. Ketika mereka rewel karena sakit, Anda juga harus memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Karena bisa jadi bayi yang masih menyusu ini alergi dengan makanan yang sedang dikonsumsi, alergi pada obat yang dikonsumsi ibu, atau ibu terlalu banyak mengonsumsi kafein atau alkohol.

          Sepertinya Fiqa memperlihatkan tanda nomor 5, maka sebaiknya Anda bawa kembali ke DSA dan mintalah keterangan yang sejelas-jelasnya.. ;-)

  30. Anonymous May 28, 2013 at 10:47 pm #

    saya mau tanya, bayi saya 5 bln..
    kenapa ketika dia tidur, dia nangis kalo mau pipis atau kentut? tp cuman kalo tidur malem aza kalo siang engga!
    mksh

    • tips-bayi May 31, 2013 at 8:04 am #

      Anonymous,

      Tidak apa-apa Bun.. Itu naluri bayi ketika tidur jika terganggu dengan sesuatu akan menangis.. ;-)

  31. valencia kaylen April 4, 2013 at 3:42 pm #

    sy mau tanya, anak sy umur 8 bulan setiap mlm dia ssh sekali untuk tidur, setiap mau tidur suka nangis pdhl kelihatan nya dia sdh ngantuk sekali. di coba untuk di tidurkan mlh suka menangis, it knp ya?

    • tips-bayi April 6, 2013 at 3:58 am #

      valencia kaylen

      Jangan khawatir Bun….
      Pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

      Untuk pola tidurnya…
      .Bunda buat suasana yang tenang, redupkan lampu ruangan, bentuk jadwal dengan membiasakan bayi Bunda dibawa ke dalam suasana tenang setiap jadwal tidur yang diharapkan.. bentuk kebiasaan pada bayi Bunda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya , disusui atau ditenangkan dengan bisikan, itu akan membentuk pola tidur bayi Bunda yang bagus..

  32. mas ryo March 30, 2013 at 3:54 pm #

    assalammualaikum wrwb. sayamau tanya anak saya usianya 14 bulanklomalamkosering nangis diantaraja12an kenapa yak
    trim

    • tips-bayi April 1, 2013 at 8:18 am #

      mas ryo

      wa’alaikumsalam wrthb,
      Memang ada bayi yang suka menangis, merengek, bahkan berteriak dalam tidurnya dan ini biasa disebut sebagai “brief awakening”. Jika tidak lama kemudian dia tertidur kembali, biasanya ini masih tergolong normal..

  33. wiwik handayani March 5, 2013 at 7:49 am #

    mau tany donx bayi saya umur 7 bulan dia selalu terbangun kalau tengah malam dan suka menangis tapi matanya masih merem

    • tips-bayi March 11, 2013 at 5:39 am #

      wiwik handayani,

      Memang ada bayi yang suka menangis, merengek, bahkan berteriak dalam tidurnya dan ini biasa disebut sebagai “brief awakening”. Jika tidak lama kemudian dia tertidur kembali, biasanya ini masih tergolong normal..

      Pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas.. ;-)

  34. cici March 2, 2013 at 4:57 pm #

    ass. mo nanya nih. anak ku umur 9 bulan, sudah 2 malam ini tiap malam rewel akibat kena batuk pilek
    ,tp panas badan nya sudah turun dan sudah berkeringat.bagaimana sih caranya biar si kecil bisa tidur nyenyak dan gak rewel lg?dan apa sih penyebab si kecil rewel? trima kasih….

    • tips-bayi March 6, 2013 at 4:30 am #

      cici,

      Wa’alaikum salam,

      Alhamdulillah.. panasnya sudah reda ya..?
      Penyebab rewel sudah jelas karena bayi Anda sedang sakit. Apalagi mampet hidung atau pilek bisa membuat tidak nyaman sekali buah hati Anda.. ;-)

      Masih diberikan ASI..? Dekaplah terus bayi Anda dan berikan ASI padanya.. Sabar Bun.. Insya Allah batuk flu biasa 3 hari bisa seda.. Semoga bayi Anda lekas sembuh.. Amiin..

  35. bunda zein February 16, 2013 at 6:36 am #

    Mau share donk..
    Zein umur 16 bulan. dia punya kebiasaan minum sambil tidur, jadi setiap malam pasti dia nangis tapi ga sampai bangun, minta minum.. sampai 5-6 kali dalam semalam..

    Waktu usianya di bawah 4 bulan saya kasih empeng kalau tidur jadi kalau nangis dan asinya udah kosong saya kasih empeng, setelah itu bulan sudah saya biasakan tidak pakai lagi jadi saya kasih tambahan susu formula. memang katanya usia segitu dia harus di beri susu tiap 2-3 jam sekali. ya.

    tapi sekarang usainya sudah 16 bulan tetap minumnya banyak ketika tidur, apakah itu baik ?? saya pernah bertanya pd dokter katanya kalau bisa disadarkan dulu tidurnya baru minum krn khawatir akan masuk saluran lain tapi sulit di biasakan, karena si kecil ga mau bangun tetap tidur sambil minum. gimana cara yang baik merubah kebiasaannya??

    kalau makan memang kurang, kadang banyak kadang sedikit tapi suka ngemil dan dia sangat aktif jadi apa mungkin karena aktivitasnya yg membuat dia banyak minum ketika tidur??

    tolong bantu ya… terimakasih..

    • tips-bayi February 21, 2013 at 12:21 am #

      bunda zein,

      Bagus sekali nafsu minum ASI-nya,, memang sebauknya Bunda memberikan ASI dalam posisi duduk. Jika memang harus memberikannya dalam posisi terlentang, maka sebaiknya diganjal sehingga membuat posisi sedikit miring membentuk 45 derajat agar cairan yang masuk bisa turun dan tidak tersedak..

      Benar kata dokter.. Dan sebaiknya jangan dibiasakan menyusui, memberikan botol susu ataupun empeng sambil tiduran. Selain ini akan menjadi lebih sulit dihentikan saat sudah menjadi kebiasaan. Dampak yang timbul tidak hanya fisik (seperti bentuk rahang dan gigi yang kurang baik), tapi juga psikologis. Dan.. Kebiasaan minum susu pada botol atau ngempeng sambil tiduran diindikasikan sebagai salah satu penyebab infeksi saluran telinga.

      Berikan makan sesuai jadwalnya, berikan ngemil pada jadwal makannya, jika akan memberikan MPASI berikan ASI 1 jam sebelum MPASI sehingga nafsu makannya tidak terganggu.. ;-)

  36. Abi Fakhry January 30, 2013 at 3:38 am #

    Assalamualaikum..
    mau tanya negh, berapa seh usia yang tepat untuk memberikan asupan makanan lunak pada bayi?? Bayiku baru berusia menjelang 2 bulan, volume ASInya lumayan intens dan bahkan cenderung tidak cukup (belum berhenti smpai titik terkhir ASI bundanya) dan kadang nangis lagi qlo sdh habis..apakah bisa di padukan antara ASI ekslusif dgn susu formula yg diberikan melalui DOT??
    kebiasaan nggulet/ngeden smpai usia brpa baru akan hilang???
    Thanks B 4

    • tips-bayi February 5, 2013 at 4:14 pm #

      Abi Fakhry,

      Wa’alaikumussalam..

      Hmm.. minum ASI-nya kuat..? Bagus.. ;-)
      Sebaiknya jangan Anda seling atau barengi sufor jika ASI ibunya berlimpah. Dan insya Allah akan berlimpah jika ASI diberikan terus tanpa diselingi sufor.. Jika dipadukan berarti bukan eksklusif lagi dong..

      Ingat prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Yang tidak kalah pentingnya : Ibunya harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI.

      Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun…

      Para dokter dan para ahli menyarankan, untuk pemberian makanan lunak pertama pada usia 5 bulan, meskipun ada juga yang berusia 4 bulan sudah diberikan MPASI.

  37. kenyo January 17, 2013 at 2:47 am #

    Anak saya berumur 8 bulan, sdh 1 minggu ini tidur malamnya gelisah, jika mau tidur dia selalu minum susu botol (karena tidak minum asi) setelah susu botol habis dia segera balik badan terlihat seperti pulas tidurnya, akan tetapi setelah selang 10 – 20 menit badannya berguling kesana kemari seperti mencari posisi yg nyaman untuk tidur dan tidak jarang dia sampai kebentur tembok, setelah di tepok2 pantatnya tidurnya akan kembali nyaman tp selang 10 – 20 menit akan gelisah lagi, kira2 apa penyebab gelisah saat tidurnya ya? apa itu fase perkembangan bayi? mohon masukannya yaaa…thanks

    • tips-bayi January 22, 2013 at 12:54 am #

      @ kenyo,

      Tidur gelisah : kemungkinan bayi Bunda terlalu banyak bermain atau ransangan dari orang sekitar untuk bermain, apalagi bila bermainnya menjelang waktu tidurnya, ini akan terbawa pada memorinya disaat tidur.., dan menyebabkan tidurnya lasak.. ini NORMAL..

      • katarudin tiakoli Spd May 11, 2013 at 4:19 am #

        dok anak saya berumur 40 hari dia sering sering tidak tidur, saya memakai tambahan susu lagtogen soalnya ibunya kekurangan air ASI bagaimana dok cara mengatasinya dok………………………………

        • tips-bayi May 22, 2013 at 1:18 am #

          katarudin tiakoli Spd,

          Maksudnya sering bangun malam dan tidak tidur..? Jangan khawatir.. tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

          Kurang ASI nya? Dengan memberikan ASI terus menerus bukan akan berkurang tetapi ASI akan bertambah justru bila tidak disusukan maka ASI akan berkurang.. Jadi meskipun kurang, terus saja susukan ASI nya..

          Ingat prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Yang tidak kalah pentingnya : Ibunya harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI.

          Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun… ;-)

  38. nurin January 10, 2013 at 11:05 pm #

    salam semua,qu punya putri 14 bulan,akhir2 ni pola tidurnya berubah jadi aneh,setiap jam 1 malam pasti bangun dan terus main sampai pagi,padahal sebelum tidur malamnya dia makan dulu porsi lengkap makan,cuci mulut plus snack terus tidurnya juga sambil nenen,mo tidur malam jam 8 ato jam 10 tetep aja jam 1 bangun main terus sampe pagi baru tidur lagi,awalnya ga begitu biasa aja,tidur jam 8 ato jam 10 bangun-bangun jam 6.30…semua jadwal tetap normal seperti biasa tapi pola tidur malemnya jadi berubah,ada yg punya pengalaman sama ga,kira2kenapa y,normal ga sih kaya gitu?… makasih wat jawabannya y..

    • tips-bayi January 11, 2013 at 7:58 am #

      nurin

      Masih NORMAL.. jangan khawatir dengan pola tidurnya.. pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

      Tidak mengapa jika di siang hari bayi Anda tertidur pulas. Usahakan di siang hari jangan banyak diajak bermain, terutama di jadwal tidurnya.

      • nurin January 12, 2013 at 7:02 am #

        oh gitu ya,jadi tenang…makasih banget jawabanya tips bayi,brati yang dibutuhkan cm extra ksabaran kita y menunggu baby kita nemu pola tidur yang pas…n_n

  39. niken khaliluna December 28, 2012 at 2:10 am #

    dear tips…
    mau tanya,babyku 5 bulan tidur siangnya 2 – 3 kali tp dengan durasi max. 1 jam tapi kalo dipangku bisa lebih lama… itu normal ga ya?
    kalo bobo malemnya alhamdullilah lancar, karna kalo malem lampu aku redupin sejak babyku umur 2 bulanan.. jam 5 sudah minta bobo malem.
    cuma agak bingung ni bobo siangnya yang max. 1 jam (kalo di taru dikasur). baiknya gimana ya tips? dipangku aja biar lama bobonya atau memang sudah normal dgn durasi itu?
    trimss…

    • tips-bayi December 31, 2012 at 4:24 am #

      niken khaliluna,

      Itu NORMAL Bun.. jelas kalau digendong akan lebih nyaman.. ;-)
      Bunda bisa coba membuat suasana lebih nyaman lagi seperti suasana bobo malamnya.. Kalau sudah jadi kebiasaan digendong terus jadi repot kan..?
      Kurangi rangsangan bermain ketika mendekati jadwal bobonya.. Susui sebelum bobo agar tidak bangun ketika lapar atau haus..

    • lulu January 5, 2013 at 7:22 am #

      Anakq yg kedua umur 6 bulan persis ama bayi bunda niken,knp y?tidur juga jam 5 sdh tidur,kadang malam bangun 1 jam,g mesti sih,bangunx antara jam 4-5 pgi,knp y?bingung banget

      • tips-bayi January 9, 2013 at 12:55 am #

        lulu

        Pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

        Biasakan membentuk pola tidur yang baik, karena perkembangan otak bayi terjadi ketika bayi sedang tidur..

  40. Anonymous December 25, 2012 at 11:42 am #

    anak saya umur 3 bulan ,klo tidur sering kagetan apa penyembabnya ? thks…..

    • tips-bayi December 26, 2012 at 3:03 am #

      Anonymous

      Kagetan..? NORMAL kok.. bahwa gerak kaget itu adalah gerak refleks bayi Anda yang sedang mengembangkan otot dan syaraf untuk bergerak, biasanya terjadi pada fase tidur REM. ;)

      Tidur berkualitas pada bayi dan batita bisa diperoleh jika mereka melewati dua tahapan tidur, yaitu tidur dalam atau tidur Non-REM (Non-Rapid Eye Movement) dan tidur aktif atau tidur REM.

      Tidur REM.
      Tahap tidur REM sangat berbeda dari tidur nonREM. Tidur REM adalah tahapan tidur yang sangat aktif. Pola nafas dan denyut jantung tak teratur dan tidak terjadi pembentukan keringat. Selama tahap tidur nonREM bola mata tidak bergerak secepat tahap tidur REM, oleh karena itu tahap tidur ini disebut tidur REM. Kadang-kadang timbul twitching pada tangan, kaki, atau muka, dan pada laki-laki dapat timbul ereksi pada periode tidur REM. Walaupun ada aktivitas demikian orang masih tidur lelap dan sulit untuk dibangunkan. Sebagian besar anggota gerak tetap lemah dan rileks. Tahap tidur ini diduga berperan dalam memulihkan pikiran, menjernihkan rasa kuatir dan daya ingat dan mempertahankan fungsi sel-sel otak.

  41. dennis October 10, 2012 at 2:22 am #

    Tips…….!!!!!! anak kami baru 1 th tp akhir – akhir ini anak kami sering mengalami badan hangat, panas dan pernah sampai badanx tegang tp tdk smpai mulut berbusa……!!!! kami sbgai ortu sgt sdih ngliatx……!!!! tolong saranx agar anak kami bisa bebas dari badan sumer/panas. karna kami merasa kasian dah terlalu sering ngasi obat paracetamol……

    • tipsbayi October 10, 2012 at 5:48 am #

      @dennis,

      Untuk kasus seperti ini silahkan periksakan ke dokter, agar lebih jelas diagnosanya. Semoga si kecil sehat ya…

  42. Reyhan October 3, 2012 at 3:43 am #

    Reyhan umurnya 2tn 9bln, sudah seminggu susah buang air besar, awalnya pup keras, sudah keluar masuk lg ke anus. Kebidan dikasih obat pelumas, karena obat pencahar lewat anus abis. Tidur pun g nyenyak nangis terus, sampe pagi pun pup susah. Keapotik bli obat lewat anus. Berhasil keluar. Sampe 3 hari terulang lg, aku kasih lg.2 hari ini reyhsn mo pup g mau ngeden, sepertinya msh trauma. Trus aku harus gmna lg… Semua usaha sudah diusahakan tp reyhan tetap g mo ngeden. Tong kasih saran mesti gmna lg…

    • tips-bayi October 4, 2012 at 5:41 am #

      Reyhan,

      Usaha lain yang bisa Anda lakukan apabila bayi Anda susah BAB..

      * Bantulah anak Anda dengan melakukan olahraga kecil, dengan cara menekuk lutut bayi kearah perutnya secara lembut beberapa kali, yang akan membantu untuk mengeluarkan feses
      * Mandikan dengan air hangat.
      * Oleskan baby oil di daerah sekitar anus

      Jangan memberikan obat sembelit tanpa petunjuk dokter. Sebab, pencahar sebenarnya bukanlah obat sembelit, obat sembelit hanya untuk mengatasi sesaat saja. Penyebab bayi sembelit lah yang harus segera dilacak, agar tuntas menanggulanginya..

      Buatlah pola makan dan menu yang baik. Perbanyak makan makanan kaya serat dan buah..

      Untuk konsumsi sayuran dan buah anak Anda dianjurkan 5 porsi (2 porsi buah, 3 porsi sayuran). 1 porsi sama dengan 2/3 cangkir buah/saturan mentah..

      Untuk kesehatan yang optimal, dianjurkan agar bayi Anda mengkonsumsi Sayuran dan buah dengan beragam warna sebanyak 5 porsi kecil atau lebih adalah bagian penting dalam pola hidup sehat.. :-)

      • hani October 5, 2012 at 9:26 am #

        ass wr wb

        anak saya umur 1,5 akhir-akhir ini susah makan,di kasih susu formula juga ga mau mintanya nenen ibu nya trus.tolong solusinya.trims

        • tipsbayi October 8, 2012 at 3:11 am #

          @hani,

          Ini 1,5 “tahun” ya Bun? Nafsu makan anak yang berkurang memang masalah yang umum terjadi. Sebabnya bisa banyak hal. Mungkin kondisi kesehatannya menurun, mungkin giginya bermasalah, mungkin emnu makanaa yang tidak cocok, mungkin masakan yang terlalu keras sehingga sulit dikunyah, dsb.

          Coba ajak dia makan bersama keluarga, dan sediakan makanan yang bervariasi. Buatlah juga suasana makanan yang berbeda dengan biasanya (terkadang rutinitas menimbulkan kejenuhan). Pastikan menu makanan yang Anda berikan mudah dikunyah dan dicerna. Jika asupan lengkap tidak diterima olehnya selama lebih dari 2 minggu, Anda bisa konsultasikan dengan dokter…

  43. Vestameda September 15, 2012 at 8:02 am #

    Ass wr wb.
    Anak saya usia 6 bulan. Akhir-akhir ini tidurnya selalu miring ke kanan apa itu normal dan tidak berdampak bagi perkembangan fisik dan otaknya. Tidurnya sehari semalam kurang lebih 11-13 jam. Trims

    • tips-bayi September 25, 2012 at 12:37 am #

      @ Vestameda,

      Wa’alaikumussalam,

      Tidur miring normal saja.. Usia bayi Anda masih dibawah 9 bulan maka dengan membiasakan gonta-ganti posisi tidur akan merubah bentuk kepala, bentuk kepalanya akan bagus, tidak peyang sebelah..

      Jadi manipulasi posisi tidur sangat berpengaruh. Maka posisikan tidur bayi Anda bergantian dan berfariasi.. Meskipun demikian, tetap bentukkepala dipengaruhi juga oleh keturunan atau bawaan lahir.. ;-)

      Lamanya tidur 11-13 jam sudah cukup bagus.. Biasakan membentuk pola tidur yang baik, karena perkembangan otak bayi terjadi ketika bayi sedang tidur..

      Perlu bunda ketahui.. 90% pertumbuhan otak manusia terbentuk ketika ia berusia 0-3 tahun. Itulah GOLDEN AGE..

      Maka penting sekali Anda mempertahankan pemberian ASI sampai usia 2 atau 2,5 tahun.. Meskipun susu formula terlihat bisa mengganti ASI, akan tetapi Susu terbaik untuk bayi Adalah ASI.. Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

      Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

      ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

      Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

      Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

      Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

      Anda bisa baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

  44. neng sri wahyuni May 8, 2012 at 4:06 am #

    anak saya usia 5 bulan lagi mogok minum susu formula apa karena saya memarahi nya trus qisya klo tidur detak jantung nya sangat kencang knp yah terimakasih saya baru bergabung .

    • tips-bayi June 6, 2012 at 3:13 pm #

      @ neng sri wahyuni,

      Mogok minum sufor..? Karena ingin ASI mungkin.. :-)

      Detak jantung kencang.. tapi tidak kelihatan demam, gelisah atau rewel.. Anda jangan khawatir, untuk ukuran bayi memang begitu..

  45. Sulis April 19, 2012 at 2:47 pm #

    Anak saya umur 2 th 10bln. Tiap tdr mlm rewel,selalu bngun dan nangis trus minta minum susu. Smpe ga keitung, Tiap 30 menit bngun. Klo br mo tdr ada aj yg dimauin, minta digarukin, dkipasin. Dh gitu Susah makan, mkan nya jg pilih2. Smpe skrng bicara belum jelas, pling kata yg belakang. Blm bs merangkai kata. Susah diatur. Tp klo disuruh-suruh mau ngelakuin. Saya jd stres tiap malem rewel trus.

    • tips-bayi April 25, 2012 at 3:50 am #

      @ Sulis,

      Apakah kebiasaan begini sudah lama berlangsung..? Menangis adalah satu-satunya cara mengekspresikan perasaan tidak enak bayi Anda. Menangis pada bayi bukan hanya karena kesakitan saja tapi bisa lapar, haus, kaget, gerah ataupun yang lainnya.. Yang jelas bayi Anda perlu ditenangkan saja.. Tidak ada tanda berikut kan..? Perut buncit, badan kurus, rambut seperti rambut jagung, lemas dan cepat lelah, muka pucat, serta mata belekan.. ? Kalau tidak ada.. Anda jangan khawatir.. ;-)

      Selain memberikan menu yang variatif .. Untuk mengatasi anak Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan anak Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi anak Anda..

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Anda akan berterima kasih suatu hari nanti !

      • dyah October 17, 2012 at 5:33 am #

        anak saya sama dgn yg dialami ibu sulis,klo malam tidurnya rewel tiap stngah jam bngun minta minum tpi minumny hrus air gula klo tidak manis dia ngamuk,tidak mau makan jg dia cman minum air gula sama sufor,sudah 6bln anak sperti itu,badanny tambah gemuk,perutnya jg tmbh buncit,rambutny kuning,kmren sempat belekan tpi skrng sudah sembuh,bicara belum bisa pdhal sudah umur 2thun.jadi khawatir sama putriku…gmn cara mengatasi anak sperti itu?

        • tipsbayi October 18, 2012 at 12:44 am #

          @dyah,

          Untuk anak seusia itu bermasalah pola makannya, silahkan konsultasi saja Bun ke DSA…

  46. adil April 13, 2012 at 8:46 am #

    Dear ,,

    saya baru saja mempunya seorang putri,ini adalah kelahiran anak pertama saya,,ada beberapa hal yg masih membuat saya bingung ,dalam mengurus bayi,usia bayi saya skr 1bln 3 hr (BB 3,6Kg ) .hal yg membuat saya dan ibunya bingung terutama disaat malam hari di usianya 2 minggu ,, sebelum tdr jam 9 mlm,selalu di kasih ASI ,tp setiap jam 11 ,bayi saya selalu terjaga,bahkan pnh smp rewel ,apalgi klo ganti popok dan celananya,aduuhhh,,akhirnya di kasih ASI ,baru dia diem ,tp saat ingin di taro,hny selang 1/2 jam,sdh nangis ,kdg2 di gendong2 klo mlm,dan di kasih ASI saja ,itu terjadi smp jam 4.30 pg,, saya dan ibunya sdh coba cek,apakah popoknya basah , kedinginan ,ato kepanasan ,,tp smwnya ok2 aja,,pnh saya pakekan diapers ,nangis sih tidak,,tp matanya ttp terjaga jd seger gitu,, minta sarannya ,,
    maaf klo tulisannya panjang dan berantakan :)
    thx,,

    • tips-bayi April 20, 2012 at 2:39 am #

      @ adil,

      Bayi Anda susah tidur atau tidak nyenyak tidur kemungkinan lapar atau haus.. Volume lambung bayi masih sempit sekali, apalagi usia segitu. Jadi cepat penuh dan cepat lapar kembali.. Perlu kita susui setiap 2 jam sekali atau sesuai permintaan bayi.. NORMAL kok.. ;-)

      Jangan khawatir dengan pola tidurnya.. pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas.

      • Anonymous June 5, 2014 at 5:30 pm #

        @ adil : baby-nya skrg tntu sdh bsr ya..sy mau tny bgmn cara mengatasi baby anda wkt ssh tdr n matanya seger gtu stlh jam 9 mlm..krn sy jg mengalami hal yg sma dgn adil..sedih liatnya tiap mlm ssh tdr pdhl sdh dibuat senyaman mungkin, sufor jg sdh sy ksh ttp ssh tdr smpe pagi jam 4 :(

    • fitra November 1, 2012 at 11:07 pm #

      sama mas adil..anak saya juga pas umur 3 minggu sampe 2 bulan tiap malem rewel,,nangis terus padahal sudah dikasih asi,makanya tiap malem saya begadang ,kadang tidur jam 7 mlm,jam 11 da h bangun n nangis nya bisa 2 jam,,sampai pusing kepala,,nanti tidur lagi jam 3 pagi..begitu terus sampe ada 4minggu..tapi alhmdlh sekarang memasuki usia 7 bulan pola tidurnya sudah berubah

  47. Imam February 11, 2012 at 7:32 am #

    OK, tks infonya

  48. cahyo January 30, 2012 at 4:58 am #

    kenapa ya’ adik saya umur 1 bulan susah tidur ? kadang2 tdur jam 10/11

    apa penyebab nya,apa solusinya?

    • tips-bayi February 6, 2012 at 2:41 am #

      @ cahyo,

      Bayi Anda susah tidur atau tidak nyenyak tidur kemungkinan lapar atau haus.. Volume lambung bayi masih sempit sekali, apalagi usia segitu. Jadi cepat penuh dan cepat lapar kembali.. Perlu kita susui setiap 2 jam sekali atau sesuai permintaan bayi.. NORMAL kok.. ;-)

      Jangan khawatir dengan pola tidurnya.. pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas…

  49. fera January 25, 2012 at 11:13 pm #

    minta saran dunk,babyku umur 21 hari sdh 2 hari ini g pernah tdr nyenyak hampir tiap 5 menit bangun dan slalu minta minum kenapa ya

    • tips-bayi February 2, 2012 at 2:44 am #

      @ fera,

      Bayi Anda susah tidur atau tidak nyenyak tidur kemungkinan lapar atau haus.. Volume lambung bayi masih sempit sekali, apalagi usia segitu. Jadi cepat penuh dan cepat lapar kembali.. Perlu kita susui setiap 2 jam sekali atau sesuai permintaan bayi.. NORMAL kok.. ;-)

  50. ient January 21, 2012 at 5:03 am #

    baby qu sering sekali bangun di malam hari dan untk tdur kembali sangat susah jadi begadang sampe pagi ada tip agar my baby tdur nyenyak sampe pagi?

    • tips-bayi January 26, 2012 at 2:45 am #

      @ ient,

      Bayi Anda tidak rewel kan..? Sepertinya bayi Anda aktif ya..? tanda bayi Anda sehat.. Jangan khawatir dengan pola tidurnya.. pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas.. Bayi Anda masih NORMAL siklus tidurnya.. Bayi Anda tidur sekitar 10-11 jam.. atau 12-14 jam.. ? Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh.

      Saran.., bentuk kebiasaan pada bayi Anda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya ketika bangun, disusui atau ditenangkan dengan bisikan akan membentuk pola tidur bayi Anda yang bagus..hindari menggendong bayi Anda atau membiasakan dengan ayunan ketika terbangun, ini akan menjadi kebiasaan yang kurang baik.., beri makan atau susui ketika hampir masuk jam tidur, redupkan cahaya lampu ketika masuk jam tidur, jauhkan dari kebisingan..ini akan membantu lelapnya tidur bayi Anda.. ;-)

  51. sherly December 1, 2011 at 10:35 am #

    228.
    dear tips bayi, pertanyaan aku yg ini kok blm di balas yach..
    makasih sebelumnya.
    Bayi sy berusia 3bulan 2minggu, sejak umur 2 minggu, aktivitas tidurnya di siang hari sangat kurang bila dibandingkan dgn anak yg lain, padahal kata orang seharusnya bayi itu apalagi yg baru lahir lebih banyak tidur,
    Saat siang hari dia cuma tertidur 3 – 4 kali, rata-rata lama tidurnya 20 – 30 menit,
    tapi malam hari tidurnya nyenyak, mulai aku tidurkan dari jam 8 malam terbangun subuh kadang jam 4 kadang jam 5,
    nah dari sejak bangun itu , udh susah tidur lagi. dia main sendiri, ngoceh sendiri, sampe skrg juga begitu.
    jam 5 subuh bangun, aku kasih susu, abis itu dia main , jam 7 mandi pagi, setelah mandi aku jemur sebentar, trus kasih minum susu lagi, nah biasanya dia tertidur sekitar jam 9-an, bangun lagi jam 9.30, stelah itu ngk tidur lagi, siang jam 2-an baru dia bisa tidur lagi, bangun kadang jam 3 kurang, setelah bangun dia main, sore jam 4 waktunya mandi ( bersih-bersih ), abis itu dia tidur lagi tuh setengah jam kurang lebih, bangun, main deh sampe malam, waktunya tidur malam, aku bawa masuk ke kamar untuk tidur, jadwal minum susunya tiap 2 – 3 jam aku kasih
    Menurut tips bayi, normal ngk siklus tidur anak saya ?

    Komentar Anda…

    • tips-bayi December 15, 2011 at 2:28 am #

      @ sherly,

      Mohon maaf telat nih jawabnya.. ;-)

      Sepertinya bayi Anda aktif ya..? tanda bayi Anda sehat.. Jangan khawatir dengan pola tidurnya.. pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas.. Bayi Anda masih NORMAL siklus tidurnya.. Bayi Anda tidur sekitar 10-11 jam.. memang cukupnya 12-14 jam.. Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh.

      Saran.., bentuk kebiasaan pada bayi Anda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya ketika bangun, disusui atau ditenangkan dengan bisikan akan membentuk pola tidur bayi Anda yang bagus..hindari menggendong bayi Anda atau membiasakan dengan ayunan ketika terbangun, ini akan menjadi kebiasaan yang kurang baik.., beri makan atau susui ketika hampir masuk jam tidur, redupkan cahaya lampu ketika masuk jam tidur, jauhkan dari kebisingan..ini akan membantu lelapnya tidur bayi Anda.. ;-)

  52. elva November 23, 2011 at 5:36 pm #

    tQ berat neh bt tip ny,,sgat mmbantu,,,tpi ada yg mo d tanyakn lg,,bayi Q bru berusia 6 minggu,,tpi dia susah tidur krn flu berat ,sudh d bawa k doktr n sempat d sedot cairan ny dari mulut,,selanjut ny d asap tpi mash jga susah bernafas ny ,,ada solusi ny gk/kasian bgt ngeliat ny apalagi wktu ngasi asi k dia,,keliatan x susah ngatur nafas ny,,mohon solusi ny.tQ

    • tips-bayi December 8, 2011 at 4:02 am #

      @ elva,

      Disedot sudah ya.. diuap sudah.. Coba deh.. Anda bisa menjemur bayi Anda setiap pagi dengan posisi miring, biasanya dengan begini cairan atau dahaknya akan terbantu keluar..

      Memang batuk berdahak atau flu bisa agak lama bertahan karena bayi biasanya susah atau belum bisa membuang dahaknya sendiri..

      Semoga bayi Anda lekas sembuh.. ;-)

  53. sherly November 19, 2011 at 6:22 am #

    Bayi sy berusia 3bulan 2minggu, sejak umur 2 minggu, aktivitas tidurnya di siang hari sangat kurang bila dibandingkan dgn anak yg lain, padahal kata orang seharusnya bayi itu apalagi yg baru lahir lebih banyak tidur,
    Saat siang hari dia cuma tertidur 3 – 4 kali, rata-rata lama tidurnya 20 – 30 menit,
    tapi malam hari tidurnya nyenyak, mulai aku tidurkan dari jam 8 malam terbangun subuh kadang jam 4 kadang jam 5,
    nah dari sejak bangun itu , udh susah tidur lagi. dia main sendiri, ngoceh sendiri, sampe skrg juga begitu.
    jam 5 subuh bangun, aku kasih susu, abis itu dia main , jam 7 mandi pagi, setelah mandi aku jemur sebentar, trus kasih minum susu lagi, nah biasanya dia tertidur sekitar jam 9-an, bangun lagi jam 9.30, stelah itu ngk tidur lagi, siang jam 2-an baru dia bisa tidur lagi, bangun kadang jam 3 kurang, setelah bangun dia main, sore jam 4 waktunya mandi ( bersih-bersih ), abis itu dia tidur lagi tuh setengah jam kurang lebih, bangun, main deh sampe malam, waktunya tidur malam, aku bawa masuk ke kamar untuk tidur, jadwal minum susunya tiap 2 – 3 jam aku kasih
    Menurut tips bayi, normal ngk siklus tidur anak saya ?

    • tips-bayi December 7, 2011 at 3:34 am #

      @ sherly,

      Jika di jumlahkan lama tidur bayi Anda sudah cukup meskipun tidur siang terhitung jarang. Itu NORMAL.. 12-14 jam setiap hari sudah cukup..
      Jadwal minum susu berikan sesuai dengan maunya bayi Anda.. Jika belum 2 atau 3 jam bayi Anda sudah minta lagi berikan saja.. ;-)

  54. Anonymous November 16, 2011 at 2:01 am #

    bayi saya mulai lahir lebih banyak nangis daripada tidur apakah itu mempengaruhi pernafasannya?

    • tips-bayi December 6, 2011 at 4:07 am #

      @ Anonymous,

      Berapa bulan usia bayi Anda..? Baru lahir..?

      Bayi baru lahir mengalami suatu masa transisi atau masa peralihan dari suasana di dalam rahim yang hangat, nyaman dan aman berpindah ke suasana di luar rahim saat terlahir ke dunia. Perubahan suhu, suara, dan kenyamanan ini menjadi sebuah proses penyesuaian baru bagi bayi mungil Anda.. :-)

      Tahukah Anda ternyata tangisan awal bayi sangat penting sebagai penentu keadaan kesehatan bayi saat lahir dan seterusnya. Oleh sebab itu setiap menolong bayi baru lahir maka dokter atau bidan selalu berusaha agar bayi dapat menangis dan menunjukkan tanda tanda usaha bernafas spontan.

      Dan kita juga perlu perhatikan satu persatu, kira kira apa saja sih yang membuat sang bayi menangis?

      1.Rasa lapar
      2. Bayi ingin bersih
      3.Lingkungan yang tidak nyaman
      4. Bayi tidak bebas bergerak.
      5. Bayi ingin disayang
      6. Bayi rewel setelah minum ASI atau Susu
      7. Kolik perut
      8. Menangis gelisah dan rewel akibat kebiasaan buruk ibu atau ayah

      Tangisan bayi juga dapat menggambarkan keadaan kesehatannya. Bayi juga perlu menangis keras sesekali. Ibu tak perlu kuatir dan cemas. Yang penting perhatikan penyebabnya dan jangan gugup. Suasana hati yang mengasuh bayi juga turut berpengaruh. Bayi cenderung gelisah bila sang pengasuh atau ibu juga dalam keadaan tegang atau stres. Oleh karena itu kenali tangisan bayi kita.

  55. bunda zahira November 15, 2011 at 3:33 pm #

    Tips.. Knp skrg gak ada lagi tips yg masuk ke email qu yah. Padahal aq sangat butuh skali tips baby.. Usia baby qu 6 bulan. Tolong dibantu ya tips. Trima kasih

    • tips-bayi December 6, 2011 at 3:39 am #

      @ bunda zahira,

      Oh ya..? Kesediaan Anda akan SANGAT berarti bagi kelanjutan situs kami…

      Silahkan buka halaman berikut:

      http://www.tipsbayi.com/masihminat.html

      Dan masukkan LAGI nama depan dan alamat email yang biasa Anda gunakan.

      Selanjutnya, Anda bisa membaca informasi yang kami janjikan.. ;-)

  56. ibu danis September 14, 2011 at 2:11 pm #

    mengapa bayi saya yang berusia 2 bulan di siang hari tidurnya kurang nyenyak ?
    sebentar-bentar terbangun

  57. Bambang ayahe fadhil September 10, 2011 at 8:25 pm #

    Thanks a lot

  58. Lenna August 31, 2011 at 9:29 am #

    Dear tipsbayi, anak saya sudah berumur 2 thn 9 bln. Dia tidurnya ngak nyenyak.
    Tiap 1 jamatau tiap 2jamsekali pasti bangun. Minum susu bisa 5x. Kalau tdr siang cuman 1jam bahkan tidak pernah.
    Apakah akan mengganggu pertumbuhan otaknya? Tolong dibantu thanks.

  59. Bambang ayahe fadhil August 16, 2011 at 10:22 am #

    Dear tipsbayi
    anak saya 3,5 bulan.skrg mulai tengkurap.skrg susah sekali tidur.tiap tidur paling lama 1jam trus bangun.minumx asi ckp byk.gerakx sngt aktif.suka kentut kyk org dws,jadi bingung klo sudah nangis digendong kdg gak mau,diteteki gak mau.minta tipsx donk,klo kurang data akan sy bls

    • tipsbayi August 30, 2011 at 3:39 am #

      @ Bambang ayahe fadhil,

      Fadhil sangat aktif dan menyusunya kuat.. itu tanda Fadhil sehat. Kentut..? Wajar.. :-)

      Jangan khawatir dengan pola tidurnya.. pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas.. 12-14 jam setiap hari sudah cukup.. ;-)

      Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh.

      Menangis adalah satu-satunya cara mengekspresikan perasaan tidak enak bayi Anda. Menangis pada bayi bukan hanya karena kesakitan tapi bisa lapar, haus, kaget, gerah ataupun yang lainnya.. Yang jelas bayi Anda perlu ditenangkan saja.. Buatlah bayi Anda menjadi lebih tenang dengan mendekapnya, memberinya ASI .. ;-)

  60. rehan July 6, 2011 at 12:37 pm #

    mau tye..baby sy tido mlmnye sentiasa gelisah..bole dikatakan setiap masa gelisah sekejap kekiri kekanan..kdg2 baby gelisah sampai terniarap sendiri..tp matanya tutup..baby dah 7 bulan dah..dari mula start dia da pandai tiarap..leh tlg x bg tips???

    • tipsbayi August 30, 2011 at 3:29 am #

      @ rehan,

      Mohon maaf agak telat nih jawabnya..
      Gelisah atau sering terbangun malam pada bayi ada beberapa penyebab selain haus dan lapar. Bisa juga bayi Anda merasakan gerah, dingin pegal atau capek karena terlalu banyak rangsangan bermain disiang harinya atau bahkan bisa saja merasakan sesuatu yang sakit. Akan tetapi Anda jangan khawatir apabila bayi Anda tidak memperlihatkan keluhan lain..

      Bisa saja itu karakter bawaan bayi Anda untuk mencari kenyamanan dalam tidurnya. Atau apabila itu tidak biasa dilakukan sebelumnya, berarti bayi Anda gelisah bisa jadi tidak enak badan atau pegal-pegal karena terlalu banyak aktifitas pada siang hari..

      Tips agar bayi Anda bisa tidur nyenyak dan lama.. Anda bisa menidurkan bayi Anda yang sudah kelihatan ngantuk diiringi dengan lantunan lembut suara murotal atau tilawat Al-Quran.. Dengan begini, selain kegaduhan di sekitar tidak akan terdengar juga baik sekali untuk perkembangan otak bayi Anda. Selamat mencoba.. ;-)

  61. sylvie May 3, 2011 at 11:55 am #

    iya ni.. anak pertama.. susah ya.. hehehe..
    haaahhh… semoga yg tips bayi bilang terbukti deh…

    thanks alot loh saran2nya..

  62. sylvia April 26, 2011 at 8:38 am #

    dear tips bayi..

    malika skrg udah umur 1 thn 2 bln.. tidurnya susaaaaahhhhhhhhhhhhh banget… bener2 deh minta ampun kalo mau nidurin dia.. bisa 2jam lebih untuk bikin dia tertidur.. itupun setelah dimarah2 and dibikin nangis..

    sy udah lakuin semua yg tips bayi saranin.. gak diajak main, makan 2-3 jam sebelum tidur.. susu 150 ml sebelum ditidurkan.;. buat suasana tenang, redup, sepi… udah ada rutinitas seblum tidur.. biasanya kita baca buku, and setelah itu doa.. pampers juga ganti baru,. kenyang juga sudah,..
    siang dia tidur sekali… antara jam 10 atau jam 11 gitu.. selama 2-3 jam.. biasanya sore tidur lagi.. tapi skrg gak mau.. malem kan seharusnya jam 8an udah ngantuk krn dia cuman tidur sekali siangnya… tapi ya itu.. mo ditidurin siang atau malemnya susahnya setengah mati.. kalo malem jauh lebih susah.. jam 8an udah kucek2 mata.. lakuin rutinitas terus nidurin dia.. bisa jam 10 atau set sebelas br tidur..
    sering sy duluan yg ketiduran..
    malem aja dia masih kebangun ampe 3kali minta susu.. mestinya kan krn tidurnya telat dia jadi ngntuk bgt dan udah merasa kenyang dia bisa tidur terlelap sampe pagi.. tapi ini masih kebangun terus..

    tidur sy belum terbayar ni.. padahal dia udah 1 thn lebih.. apa memang umur 1 thn ke atas tidurnya semakin berkurang..? apa wajar dia udah ngantuk banget gitu tapi susah banget ditidurin..?? sy takut otaknya gak berkembang krn kurang tidur..

    tolong sarannya ya,.. thanks banget..

    • tipsbayi May 2, 2011 at 3:04 am #

      @ sylvia,

      Benar.. semakin bertambah usia maka lamanya tidur akan semakin berkurang. Jangan khawatir dengan pola tidurnya.. pola Malika akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas.. Hanya saja memang perlu kesabaran dan ketelatenan untuk membentuk kebiasaan baru.. ;-)

      Pasti Malika anak pertama.. :-)

  63. ibue Zulfa April 26, 2011 at 3:53 am #

    tips baby mohon bantuannnya… anak saya sekarang 4 bulan kalo malam tidur antara jam 7 malam trus terbangun jam 10/11 malam dan tidak mau tidur malah ngajakin maen sampe kadang jam 12 ato jam 2 an trus kalo tertidur lagi bentar-bentar bangun gak sampai 1 jam dah bangun dan terkadang pagi jam 5 baru bisa pules sampai jam 7/8. kalau siang tidur nya juga tidak banyak kadang jam 11 siang sampai jam 1 trus setelah mandi jam 4 sampai jam 5 sore. Apakah bayi saya termasuk cukup tidur walaupun ketika terbangun di malam hari malah ngoceh dan kalau sudah agak lama nangis. bagaimana saya menangani masalah anak saya ini.
    Dan lagi entah mengapa anak saya sulit sekali nambah BB nya skarang 4 bulan BB 5.4kg (apakah masih normal?), saya beri asi dan sufor di siang hari saat saya tinggal kerja. Terima kasih.

    • tipsbayi May 2, 2011 at 2:58 am #

      @ ibue Zulfa,

      Kalau dijumlahkan Zulfa tidur sekitar kurang lebih 11 jam, itu sudah cukup.. Jangan khawatir dengan pola tidurnya.. pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas.. 12-14 jam setiap hari sudah cukup.. ;-)

      Seperti yang sudah kami sarankan pada mommy jasvind, bentuk kebiasaan pada bayi Anda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya ketika bangun, disusui atau ditenangkan dengan bisikan akan membentuk pola tidur bayi Anda yang bagus..hindari menggendong bayi Anda atau membiasakan dengan ayunan ketika terbangun ini akan menjadi kebiasaan yang kurang baik.., beri makan atau susui ketika hampir masuk jam tidur, redupkan cahaya lampu ketika masuk jam tidur, jauhkan dari kebisingan..ini akan membantu lelapnya tidur bayi Anda.. ;-)

      BBZulfa masih tergolong normal, karena masih di atas 85% BB normal untuk bayi Indonesia, meskipun terlihat agak kecil ya..? Anda jangan terlalu khawatir.. Zulfa masih lincah dan aktif kan..?

      Sebenarnya Anda bisa tetap memberikan ASI selama Anda tidak di rumah, yaitu dengan memberikan ASI yang diperah dan di simpan di freezer, lalu di hangatkan dengan merendam pada air panas ketika akan diberikan pada bayi Anda..

  64. mommy jasvind April 24, 2011 at 5:42 am #

    tips babyku pola tdrny cukup tratur
    pagi jam 8-9 trz 10-11 siangny 12 jika cuaca adem tdk panas bs ampe jam 4 sore,malam jam 8,tp knp mlm kdg tdr kyk tdk nyenyak tp mata tertutup,dy ku tdrin d ayunan jd kdg malam hrz d ayun mulu

    • tipsbayi April 30, 2011 at 3:20 am #

      @ mommy jasvind,

      Secara umum, memang ada bayi yang suka menangis, merengek, bahkan berteriak dalam tidurnya dan ini biasa disebut sebagai “brief awakening”. Jika tidak lama kemudian dia tertidur kembali, biasanya ini masih tergolong normal…

      Jangan khawatir dengan pola tidurnya.. pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas.. 12-14 jam setiap hari sudah cukup.. ;-)

      Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh.

      Saran.., bentuk kebiasaan pada bayi Anda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya ketika bangun, disusui atau ditenangkan dengan bisikan akan membentuk pola tidur bayi Anda yang bagus..hindari menggendong bayi Anda atau membiasakan dengan ayunan ketika terbangun ini akan menjadi kebiasaan yang kurang baik.., beri makan atau susui ketika hampir masuk jam tidur, redupkan cahaya lampu ketika masuk jam tidur, jauhkan dari kebisingan..ini akan membantu lelapnya tidur bayi Anda.. ;-)

  65. Dyan kusworo February 8, 2011 at 4:23 am #

    Wah informasi nya bner2 bgus bgt,sangat membantu bgt apa lg keluarga bru seperti saya,makasih bgt ya.

    • tipsbayi April 30, 2011 at 3:11 am #

      @ Dyan kusworo,

      Sama-sama.. ;-)

  66. fitri January 26, 2011 at 2:09 am #

    halo tips…
    bayi sy skrg umurnya 4 bulan ( jalan 5 ) sdh hampir 2 minggu lebih kalo tidur selalu larut malam (jam 11-1 malam)dan bangunnya agak siang (sekitar jam 8-9 lewat), pdhl sy sdh nyoba ditidurin dgn lampu dimatikan tpi tetep nggak mau tidur,dia selalu mau tengkurap smbil ngoceh. dia tidur siang biasanya dua kali habis mandi pg dan nyusu(jam 10an) trus sore tidur lagi,tidurnya lmyn lama,berapa jam sih idealnya tidur bayi umur segitutolonh kasih tipsnya ya tips…thanks….

    • tipsbayi April 30, 2011 at 3:10 am #

      @ fitri,

      Jangan khawatir dengan pola tidurnya.. pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas.. 12-14 jam setiap hari sudah cukup.. ;-)

      Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh.

  67. utie January 18, 2011 at 5:24 am #

    bayi saya 1 bulan, sampai saat ini masih ASI. nenennya kuat bgt. paling ngga 1/2 jam sekali pasti nenen, malah pernah tiap 10 menit sekali, klo ga dikasih pasti nangis.apakah itu wajar? apakah ASI saya ga cukup? ibu saya selalu bilang klo ASI saya kurang, benarkah? BB waktu lahir 2.660 kg, skrg 4 mgg 3.2kg. normalkah? apa yg bisa menjadi ciri klo ASI saya cukup?please help, saya pgn ASI exclusive soalnya

    • tipsbayi April 29, 2011 at 3:07 am #

      @ utie,

      Menyusunya kuat..? Itu bagus.. tanda bayi sehat.. ;-)

      BB bayi Anda cukup bagus.. karena masih 80% BB normal untuk bayi Indonesia.

      Ingat.. produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Yang tidak kalah pentingnya : Anda harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun… ;-)

      Tanda ASI cukup.. bayi Anda ketika menyusu tidak rewel.. :-)

  68. lembayung January 18, 2011 at 5:16 am #

    dear tips bayi…

    bayi saya umurnya 1 bulan, seminggu belakangan ini tidurnya tidak nyenyak, apalgi klo siang. biasanya dia hanya tidur nyenyak sekitar 10-15 menit, setelah itu badan, kaki tangan, kepala, pokonya smuanya gerak2 ga bisa diam, menggeliat2 seperti ingin terbebas dari sesuatu, itulah yang menyebabkan dia akhirnya menangis dan terbangun. apakah ini wajar? ibu saya bilang mgk dia sakit badan akibat salah posisi menggendong/menyusui. benarkah demikian? apakah ini akan terus berlangsung atau hanya sementara? thanx.

    • tipsbayi April 29, 2011 at 3:01 am #

      @ lembayung,

      Mohon maaf terlewat baru kami jawab.. :-)

      Secara umum, memang ada bayi yang suka menangis, merengek, bahkan berteriak dalam tidurnya dan ini biasa disebut sebagai “brief awakening”. Jika tidak lama kemudian dia tertidur kembali, biasanya ini masih tergolong normal…

  69. mama josua January 14, 2011 at 4:28 am #

    anak saya skr umur 9 bln, sering batuk n pilek, dah dikasih antibiotik ma dokter 2x (jd dah 2 botol), waktu diminum agak berkurang, tidur malam ga susah lagi, tp setelah obat habis, batuk anak saya sampai bunyi grok2 di tenggorokan, gimana y solusinya biar ga minum obat lagi?

    terus pipis malamx ga banyak, paling hanya 2x saja, apakah itu normal?

    sepertinya belum mengerti arti salam, n dada (melambai), apa itu normal jg?

    apa akibat jatuh dari tempat tidur, dg ciri2 anak hanya menangis sebentar n tidak ada benjol.

    sekiranya segitu dulu…thanks atas bantuannya :)

    • tipsbayi February 4, 2011 at 7:56 am #

      @ mama josua,

      Sepertinya Anda tidak harus terlalu khawatir, sepertinya bayi Anda hanya mengalami batuk flu biasa. Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, dengan memberikan banyak ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.. Memang batuk berdahak bisa agak lama bertahan karena anak-anak biasanya susah atau tidak bisa membuang dahaknya sendiri..

      Hingga saat ini pun sebenarnya belum ada obat mujarab untuk membunuh virus. Obat flu yang ada hanya sekadar untuk meringankan gejala-gejalanya saja, seperti obat penurun demam, pelega hidung tersumbat, dan pengencer lendir.
      Jadi saran kami susui terus saja dengan ASI, susui dengan posisi yang benar. Seperti sudah kami beritahukan pada mama rafka. ASI seperti diketahui, mengandung zat-zat kekebalan tubuh (imunoglobulin) yang tidak terdapat pada susu formula..

      Memang benar kita jangan terlalu serampangan memberikan obat-oboatan pada bayi. Kalaupun harus memberikan obat, selalulah konsultasikan dengan dokter dan selalu mengikuti petunjuk dokter Anda..

      Anda perlu memiliki sikap kritis mengenai hal ini. Jangan segan untuk bertanya kepada dokter, sejauh mana efeknya obat yang akan diberikan pada bayi Anda.. ;-)

      Sebenarnya, janganlah kita serampangan memberikan obat-obatan apalagi antibiotik kepada bayi. Penting diketahui, antibiotik baru ampuh dan berkhasiat jika berhadapan dengan bakteri atau kuman. Antibiotik tak akan mampu membunuh virus juga parasit. Apabila kita sering memberikan antibiotik maka dosisnya akan semakin tinggi..

      Pipis malamnya NORMAL..

      Anda jangan terlalun khawatir dengan perkembangan kemampuan bayi Anda, karena setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. ;-)
      Berikan saja terus rangsangan, ajaklah selalu berbicara dan bermain..

      Untuk lain kali apabila bayi Anda terjatuh (mudah-mudahan tidak terjadi lagi). Lihat dan perhatikan baik-baik kondisi bayi Anda. Apakah setelah jatuh langsung menangis dan menggerak-gerakkan semua anggota badannya? Jika ya, kita bisa langsung menggendong untuk menenangkannya memberi ASI. Setelah ia tenang, baru lakukan observasi.

      - Adapun observasi yang perlu dilakukan adalah:

      + Cari dan ingat bagian-bagian mana saja yang lebam/benjol/ memar di seluruh anggota badan bayi Anda. Jika menemukan benjolan di kepala atau memar di badan, boleh diobati dengan obat antitrauma oles. Jika pada bagian kepala tidak ditemukan lebam atau benjol, tapi bayi Anda menangis saat dipegang, larikan segera ia ke rumah sakit terdekat.

      + Coba gerakkan kedua tangan bayi Anda, ke samping, ke atas, ke bawah, ke depan, lalu rentangkan dan angkat-angkatlah. Jika ada keluhan pastikan di tangan yang mana dan saat dalam posisi seperti apa. Ini sebagai bahan untuk dilaporkan ke dokter.

      + Lakukan hal yang sama pada kaki.

      + Tengokkan kepala bayi Anda ke kanan dan ke kiri. Coba dekatkan dagu bayi Anda ke dada secara perlahan. Jika ada keluhan catat sebagai laporan pada dokter.

      + Miringkan badan bayi Anda ke kiri dan ke kanan. Jika ada keluhan catat dan laporkan ke dokter.

      - Observasi perlu dilakukan selama 2×24 jam. Jika dalam kurun waktu itu ada keluhan, apalagi sampai muntah dengan menyembur, segera larikan ke rumah sakit terdekat.

  70. Athied December 8, 2010 at 12:11 pm #

    Minta sarannya, bayi saya berumur 1,5 bulan, tetapi pada umur ini di kalau tidur siang hari hanya berlangsung 1/2-1 jam setelah itu dia bangun, minta di gendong, minta ASI kemudian di tidurkan dan tidurnya berlangsung 1/2-1 jam…seperti itu terus hingga malam menjelang…ketika malam tidurnya per 3-4 jam sekali (menyusui 3 kali)….dan tanda2 seperti yang tertera di atas tidak saya temukan di bayi saya…kira2 ada saran biar bayi saya tidur lebih nyenyak lagi, terutama ketika siang hari….
    kira2 ada saran juga tidak tentang bagaimana menghilangkan kebiasaan bayi agar tidak minta terus di gendong atau di timang? terimakasih sebelumnya. salam.

    • tipsbayi December 21, 2010 at 4:02 am #

      @ Athied,

      Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh, pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

      Saran.., bentuk kebiasaan pada bayi Anda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya ketika bangun, disusui atau ditenangkan dengan bisikan akan membentuk pola tidur bayi Anda yang bagus..hindari menggendong bayi Anda atau membiasakan dengan ayunan ketika terbangun ini akan menjadi kebiasaan yang kurang baik.., beri makan atau susui ketika hampir masuk jam tidur, redupkan cahaya lampu ketika masuk jam tidur, jauhkan dari kebisingan..ini akan membantu lelapnya tidur bayi Anda.. ;-)

  71. eci November 23, 2010 at 3:13 am #

    wau wau mantap tq y tipsbayi,,,

  72. carla angela November 19, 2010 at 8:32 pm #

    bayi sy umur 3 bln, sudah hampir 2 minggu ini jarang tidur malam (cm tdr di gendong/ di pangku).
    jam tdr nya malahan berubah ke pagi sampe siang hari. apa habit nya ini akan berubah seiring wkt? kmr sy pakai ac, suhu yg cocok utk bayi brp derajat ya? thx..

    • tipsbayi November 20, 2010 at 1:46 am #

      @ carla angela,

      Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh, pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas.. ;-)

      Saran.., bentuk kebiasaan pada bayi Anda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya ketika bangun, disusui atau ditenangkan dengan bisikan akan membentuk pola tidur bayi Anda yang bagus..hindari menggendong bayi Anda atau membiasakan dengan ayunan ketika terbangun ini akan menjadi kebiasaan yang kurang baik.., beri makan atau susui ketika hampir masuk jam tidur, redupkan cahaya lampu ketika masuk jam tidur, jauhkan dari kebisingan..ini akan membantu lelapnya tidur bayi Anda..

      Suhu AC berkisar 25-26 derajat celcius saja..

  73. putu November 10, 2010 at 4:41 am #

    infonya bermanfaat.

    makasih gan.

  74. sulastri November 8, 2010 at 5:40 pm #

    terimakasih infonya bagus

    • tipsbayi November 20, 2010 at 1:07 am #

      @ sulastri, putu,

      Sama-sama.. ;-)

  75. amy Bunda khanza October 30, 2010 at 3:18 am #

    tips mohon infonya anak saya usia saat ini 5 bln dan baru 1 minggu ini terkena batuk dan flu udah saya bawa ke dkter dan obat dah abis tp flu ama batuk blom sembuh tp dah berkurang,yg mau saya tanyakan knp anak saya skrg tidurnya gk nyenyak klu mlm sllu terbangun antara jam 3 dini hari mpe jam 5 trus tidur lgi dan kdg mpe pagi gk tidur,saya khawatir klu terjadi sama tumbuh kembang anak saya dan satu lgi skrg anak saya jg sering muntah klu mnm susu atau maem padahal udah saya sendawakan seblm sakit gk pernah muntah gtu.Tolong tips infonya saya tunggu ya makasih.

    • tipsbayi November 4, 2010 at 2:37 am #

      @ amy Bunda khanza,

      Tidurnya tidak nyenyak sudah bisa dipastikan kerena Khanza sedang sakit. Sebaiknya jangan terlalu mudah memberikan obat-obatan kimiawi kepada anak. Jika dokter memberikan obat-obatan, tanyakan apa sebenarnya penyakit anak Anda dan apakah memang pemberian obat tsb benar-benar perlu? Lebih baik Anda mengusahakan agar daya tahan tubuhnya membaik, agar tidak mudah sakit…

      Memang batuk berdahak bisa agak lama bertahan karena anak-anak biasanya susah atau tidak bisa membuang dahaknya sendiri..

      Apabila memang hanya batuk flu saja, Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, dengan memberikan banyak ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.. Berikan ketenangan hindarkan bayi Anda sering menangis.. ;-)

      Sering muntah.. Penyebab bayi muntah:

      - Pemakainan gurita.
      Kalau bayi Anda masi memakainya, coba lepas saja.

      - Posisi menyusui.
      Sering ibu menyusui sambil tiduran dengan posisi miring sementara si bayi tidur telentang. Akibatnya, cairan tersebut tidak masuk ke saluran pencernaan, tapi ke saluran nafas. Bayi pun muntah. Karena itu, kalau menyusui, posisi bayi dimiringkan. Kepalanya lebih tinggi dari kaki sehingga membentuk sudut 45 derajat. Jadi cairan yang masuk bisa turun ke bawah.

      - Ukuran dot
      Jika si bayi suka dot besar lalu diberi dot kecil, ia akan malas mengisap karena lama. Akibatnya susu tetap keluar dari dot dan memenuhi mulut si bayi. Hal ini bisa membuat bayi tersedak yang lalu muntah. Sebaliknya bayi yang suka dot kecil diberi dot besar akan refleks muntah karena ada benda asing.

      Lambung yang penuh juga bisa bikin bayi gumoh. Ini terjadi karena makanan yang terdahulu belum sampai ke usus, sudah diisi makanan lagi. Akibatnya si bayi muntah. Lambung bayi punya kapasitasnya sendiri. Misalnya bayi umur sebulan, ada yang sehari bisa minum 100 cc, tapi ada juga yang 120 cc. Nah, si ibu harus tahu kapasitas bayinya. Jangan karena bayi tetangganya minum 150 cc lantas si ibu memaksakan bayinya juga harus minum 150 cc, padahal kapasitasnya cuma 120. Jelas si bayi muntah…

      Dan ingat bayi Anda sedang pilek.. Maka akan terpicu untuk muntah karena dahaknya..

      Volume lambung bayi sangat sempit sekali.., jadi gampang penuh dan cepat lapar lagi maka bila minum susunya kebanyakan akan keluar lagi (gumoh), solusinya susui setiap 2 jam sekali lalu sendawakan dengan cara gendong berdirikan dengan begini air susu akan turun ke lambung dan tidak akan gumoh, selama gumoh tidak masuk saluran pernafasan tidak apa-apa, cara menidurkan bayi yang sering gumoh bisa dengan cara miring agar bila bayi gumoh maka tidak akan masuk ke saluran pernafasan.

      Gumoh masih normal sepanjang jumlah cairan yang keluar dan masuk seimbang. Apabila memang bayi Anda tetap rewel, ada baiknya Anda periksakan bayi Anda pada DSA..

  76. jeane October 27, 2010 at 2:36 am #

    anak saya sulit sekali untuk tidur, jika dia mengantuk seringkali gelisah sehingga membuat dia rewel. bagaimana bikin dia menjadi tenang menjelang tidurnya? contoh permainan apa saja yg sebaiknya diberikan kpd anak-anak berusia 12-24 bulan? terima kasih

    • tipsbayi November 4, 2010 at 2:04 am #

      @ jeane,

      Susah tidur malam karena bayi Anda di waktu siang terlalu banyak ransangan dalam bermain, bila agak rewel mungkin ada keluhan yang tidak enak yang dirasakan oleh bayi Anda atau ngantuk..

      Saran.., bentuk kebiasaan pada bayi Anda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya ketika bangun, disusui atau ditenangkan dengan bisikan akan membentuk pola tidur bayi Anda yang bagus..hindari menggendong bayi Anda atau membiasakan dengan ayunan ketika terbangun ini akan menjadi kebiasaan yang kurang baik.., beri makan atau susui ketika hampir masuk jam tidur, redupkan cahaya lampu ketika masuk jam tidur, jauhkan dari kebisingan..ini akan membantu lelapnya tidur bayi Anda.. :-)

      Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh, pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas.. ;-)

      Anak seusia 12-24 bulan sangat aktif bereksplorasi dan tidak bisa berlama-lama dengan satu permainan atau kegiatan tertentu. Jika Anda tidak ingin ia berkotor-kotoran dengan tanah, misalnya, maka caranya bukan dengan memaksanya berhenti.

      Anda bisa mengalihkan anak Anda kepada kegiatan lain yang tidak kalah asyiknya. Sebagai ganti tanah, Anda bisa mencoba membuat lilin malam yang banyak dan merangsang anak Anda untuk meremas-remas dan membentuk sepuasnya.

      Selain itu, jangan pernah ‘memaksa’ dia untuk bermain sesuai dengan kehendak Anda, karena anak seusia itu memiliki cara pandang yang berbeda. Biarkan ia mandiri dalam bermain dan Anda cukup mengarahkan seperlunya.

      Hindari penggunaan kata JANGAn yang terlalu sering, nanti dia malah akan kebal terhadap kata ini. Pengalihan kepada aktivitas lain merupakan jalan keluar yang terbaik.

      Permainan yang bisa Anda pertimbangkan untuknya, a.l: puzzle, kanvas/kertas berukuran besar untuk menggambar, kendaraan yang dapat dinaiki (sepeda, motor-motoran, mobil-mobilan), menyebutkan nama-nama benda, mengelompokkan alat-alat rumah tangga sesuai bentuk dan jenisnya dan segala aktivitas yang melibatkan kegiatan menyobek, meremas dan menjepit.

  77. meiilan October 24, 2010 at 12:22 pm #

    makasih,infonya berguna sekali bagi saya yang baru memiliki anak

    • tipsbayi October 28, 2010 at 3:41 am #

      @ meiilan,

      Sama-sama.. Kami turut gembira bisa membantu Anda dan bayi Anda.. ;-)

  78. mama jesy October 19, 2010 at 4:12 am #

    Bayi sy umurnya 1bln kurang 4hari,klo malam bayi saya agak gelisah seperti menggeliat dn gayanya seperti mau ngeden itu setiap 15menit sekali….kirar2 knp ya……

    • tipsbayi October 21, 2010 at 2:46 am #

      @ mama jesy,

      Menggeliat pada bayi sebenarnya wajar.. Akan tetapi untuk hal seperti ini sebaiknya Anda konsultasikan pada DSA Anda, agar mendapatkan diagnosa yang tepat.. Semoga bayi Anda sehat.. ;-)

  79. umah fathimah October 9, 2010 at 7:40 am #

    anak sya umurnya 15 bln..sy mau tanya.berapa jam tidurnya yg bagus…kl siang sebaiknya berapa kali tidur dan berapa jam?

    • tipsbayi October 11, 2010 at 2:18 am #

      @ umah fathimah,

      Di usia yang sudah lebih besar ini, Anda sebaiknya mulai menentukan waktu tidur malam dan siangnya pada jam yang sama, sebagai pembentuk pola tidurnya. Jam tidur yang baik bagi bayi adalah antara 19.00 – 20.30; lebih larut dari waktu tersebut, biasanya si kecil akan kelelahan, dan sulit tidur.

      Jangan khawatir dengan pola tidurnya.. pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas.. 12-14 jam setiap hari sudah cukup.. ;-)

  80. tipsbayi October 6, 2010 at 3:14 am #

    @ gus,

    Amin.. ;-)

  81. gus October 5, 2010 at 7:50 am #

    semoga bermanfaat

  82. tipsbayi October 1, 2010 at 3:52 am #

    @ kristinawati,

    Untuk waktu tidur, biasanya bayi usia 1 bulan membutuhkan waktu tidur sekitar 15 jam dalam sehari semalam; sekitar 8 jam pada waktu malam dan sekitar 7 jam di waktu siang. Namun 7 jam di waktu siang ini biasanya terbagi dalam beberapa kali tidur.

    Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh, pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

    Ketika si kecil berusia 6 bulan, secara fisik ia sudah mampu tidur sepanjang malam. Bagaimana si kecil tidur sangat tergantung pada apa yang dipelajarinya tentang tidur dan polanya pada usia sebelumnya.

    Namun belum terlambat, Anda dapat melatihnya membentuk pola tidur yang baik pada usia ini, dengan cara:

    o Menetapkan waktu tidur malam dan siang

    Ketika si kercil masih bayi baru, Anda menandai waktu tidurnya dengan memperhatikan tanda-tanda mengantuk yang ia tunjukkan (menggesek mata, menarik telinga, dll). Di usia yang sudah lebih besar ini, Anda sebaiknya mulai menentukan waktu tidur malam dan siangnya pada jam yang sama, sebagai pembentuk pola tidurnya. Jam tidur yang baik bagi bayi adalah antara 19.00 – 20.30; lebih larut dari waktu tersebut, biasanya si kecil akan kelelahan, dan sulit tidur.

    Bayi mungkin saja tidak terlihat lelah saat larut malam – sebaliknya bayi akan terlihat energik. Tetapi percayalah: Ada tanda-tanda tertentu yang akan diperlihatkannya jika ia melewati jam tidurnya. Anda juga dapat menentukan waktu tidur siangnya sama seperti menentukan waktu tidur malam.

    o Bentuklah rutinitas sebelum tidur

    Jika hal ini belum Anda lakukan sebelumnya, inilah saat yang tepat untuk memulai rutinitas sebelum tidur (biasanya malam hari). Misalnya, membersihkan badan bayi, menggantik pakaiannya, membaringkannya di tempat tidur, membacakan cerita pengantar tidur, memberikan ciuman selamat tidur. Rutinitas yang dilakukan dengan urutan yang sama setiap malam, akan membentuk kebiasaan dan konsistensi pada anak.

    o Bangunkan si kecil pagi hari

    Jika bayi Anda cenderung tidur lebih dari 10 – 12 jam setiap malam, bangunkan ia pada pagi hari, agar jam biologisnya kembali normal. Bayi perlu mengikuti pola tidur-bangun yang regular dan mengumpulkan tenaganya saat tidur siang. Bangunkan ia setiap pagi pada jam yang sama, dengan cara ini, Anda membuat ia beristirahat setiap siang pada waktu yang sama.

    Kesulitan yang mungkin muncul

    Ketika si kecil masih bayi baru, bangun tengah malam dan pola tidur negatif – tergantung pada belaian, tepukan – adalah masalah tidur yang dihadapi. Tetapi ketika mencapai usia 3 – 6 bulan, bayi dihadapkan pada kesulitan tertidur.

    Jika bayi Anda sulit jatuh tertidur pada malam hari, pastikan ia tidak tidur terlalu malam. Jika bukan ini masalahnya, maka mungkin saja si kecil mengembangkan pola tidur negatif. Saat ini bayi harus belajar tidur sendiri, tidak karena ia ditepuk-tepuk, dibelai, atau dibiarkan menghisap dot.

    Menyusu pada malam hari

    Tujuan yang dikembangkan pada usia ini adalah mulai menegaskan waktu tidur. Dengan cara ini, ketika si kecil terbangun pada malam hari, ia tidak akan mencari ASI untuk membuatnya kembali tertidur.

    Jodi Mindell: Hapus kebiasaan menyusu pada waktu tidur, agar bayi tidak mengasosiasikan menyusu dengan waktu tidur. Selama menyusu tidak dihubungkan si kecil dengan waktu tidur, Anda dengan baik bisa memastikan bahwa saat si kecil terbangun di tengah malam, benar-benar hanya karena ia lapar. Bukan karena membutuhkan sekadar penenangan untuk kembali tertidur. Langkah lain yang dapat dilakukan adalah membangunkan si kecil dan menyusuinya sebelum Anda berangkat tidur.. ;-)

  83. kristinawati September 29, 2010 at 12:07 am #

    anak aq umur 2 minggu n sekarang hampir 4 jam dimalam hari ia tdk tidur dan tidak rewel juga, kami juga berusaha untuk menidurkan ia, tp tetap aja dia susah tidur, bs minta solusinya…..???!!!.

  84. tipsbayi September 28, 2010 at 4:40 am #

    @ ervina,

    Cara menghentikan kebiasaan ngempeng?

    * Ketergantungan anak pada empengnya biasanya dikarenakan perasaan cemasnya. Oleh sebab itu, cobalah memberikan perhatian dan cinta yang cukup bagi balita sehingga ia akan merasa nyaman dan aman bersama Anda.

    * Alihkan perhatian anak dari empeng. Anda bisa mengajaknya bernyanyi, bercerita, bercanda, atau bermain, ketika ia teringat empengnya.

    * Anak juga akan mengempeng ketika ia merasa lapar atau lelah. Oleh sebab itu, berilah asupan makanan dan istirahat yang cukup agar balita tidak merasa lapar atau lelah.

    * Tegakkan disiplin dengan konsisten.. ;-)

  85. tipsbayi September 28, 2010 at 2:46 am #

    @ meyra,

    Bayi yang terganggu pola tidurnya memang bisa berakibat tidak baik kepada kesehatannya.

    Disini rasanya sama juga dengan jawaban kami kepada kiky di atas.. yaitu Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh, pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

    Ketika si kecil berusia 6 bulan, secara fisik ia sudah mampu tidur sepanjang malam. Bagaimana si kecil tidur sangat tergantung pada apa yang dipelajarinya tentang tidur dan polanya pada usia sebelumnya.

    Namun belum terlambat, Anda dapat melatihnya membentuk pola tidur yang baik pada usia ini, dengan cara:

    o Menetapkan waktu tidur malam dan siang

    Ketika si kercil masih bayi baru, Anda menandai waktu tidurnya dengan memperhatikan tanda-tanda mengantuk yang ia tunjukkan (menggesek mata, menarik telinga, dll). Di usia yang sudah lebih besar ini, Anda sebaiknya mulai menentukan waktu tidur malam dan siangnya pada jam yang sama, sebagai pembentuk pola tidurnya. Jam tidur yang baik bagi bayi adalah antara 19.00 – 20.30; lebih larut dari waktu tersebut, biasanya si kecil akan kelelahan, dan sulit tidur.

    Bayi mungkin saja tidak terlihat lelah saat larut malam – sebaliknya bayi akan terlihat energik. Tetapi percayalah: Ada tanda-tanda tertentu yang akan diperlihatkannya jika ia melewati jam tidurnya. Anda juga dapat menentukan waktu tidur siangnya sama seperti menentukan waktu tidur malam.

    o Bentuklah rutinitas sebelum tidur

    Jika hal ini belum Anda lakukan sebelumnya, inilah saat yang tepat untuk memulai rutinitas sebelum tidur (biasanya malam hari). Misalnya, membersihkan badan bayi, menggantik pakaiannya, membaringkannya di tempat tidur, membacakan cerita pengantar tidur, memberikan ciuman selamat tidur. Rutinitas yang dilakukan dengan urutan yang sama setiap malam, akan membentuk kebiasaan dan konsistensi pada anak.

    o Bangunkan si kecil pagi hari

    Jika bayi Anda cenderung tidur lebih dari 10 – 12 jam setiap malam, bangunkan ia pada pagi hari, agar jam biologisnya kembali normal. Bayi perlu mengikuti pola tidur-bangun yang regular dan mengumpulkan tenaganya saat tidur siang. Bangunkan ia setiap pagi pada jam yang sama, dengan cara ini, Anda membuat ia beristirahat setiap siang pada waktu yang sama.

    Kesulitan yang mungkin muncul

    Ketika si kecil masih bayi baru, bangun tengah malam dan pola tidur negatif – tergantung pada belaian, tepukan – adalah masalah tidur yang dihadapi. Tetapi ketika mencapai usia 3 – 6 bulan, bayi dihadapkan pada kesulitan tertidur.

    Jika bayi Anda sulit jatuh tertidur pada malam hari, pastikan ia tidak tidur terlalu malam. Jika bukan ini masalahnya, maka mungkin saja si kecil mengembangkan pola tidur negatif. Saat ini bayi harus belajar tidur sendiri, tidak karena ia ditepuk-tepuk, dibelai, atau dibiarkan menghisap dot.

    Menyusu pada malam hari

    Tujuan yang dikembangkan pada usia ini adalah mulai menegaskan waktu tidur. Dengan cara ini, ketika si kecil terbangun pada malam hari, ia tidak akan mencari ASI untuk membuatnya kembali tertidur.

    Jodi Mindell: Hapus kebiasaan menyusu pada waktu tidur, agar bayi tidak mengasosiasikan menyusu dengan waktu tidur. Selama menyusu tidak dihubungkan si kecil dengan waktu tidur, Anda dengan baik bisa memastikan bahwa saat si kecil terbangun di tengah malam, benar-benar hanya karena ia lapar. Bukan karena membutuhkan sekadar penenangan untuk kembali tertidur. Langkah lain yang dapat dilakukan adalah membangunkan si kecil dan menyusuinya sebelum Anda berangkat tidur.. ;-)

  86. ervina September 27, 2010 at 2:54 pm #

    Dear tips bayi…
    Putri q skrang umurnya 3 bln 6 oktober nanti 4 bln,dl swkt kayla umur 1,5 bln saya kasih empeng soalnya dia pngen ngisep2 trus sudah ksh ASI+Sufor (lhr premature lngsng sufor 1 mng kmdn br ASI ) ttp pgen ngisep n klu dturutin ASI/Sufor mlh srng muntah krn kknyangan.Jd skrg klu mau tdr ritual ngisep empeng ttp lanjut.. repot sih slalu pgangin empengx smp dia tdr nyenyak br d lepasin dr mlutx…tp stlh itu tdrx jg nyenyak tdk mslh mlm bgn cm skl abis mnm susu dia tdr lg smp pg…..gmn ya cr ngilangin kbiasaan itu ? Soalnya DSA blng empeng itu tdk baik bs bkn gigi maju n perut bayi kembung.Sdh sy cb gk ksh empeng tp dia jd nangis terus sy biarin smp nangisnya bhenti sndri tp ya lamaaaa…… bhntnya smp 1 Jam lbh tdrnya pun nggak nyenyak lama2 sy gak tega n gak kuat d hari k-4 sy ksh dia empeng tdrnya jd nyenyak lg. Please tolong donk tipsx…………… n trims sblmnya

  87. meyra September 23, 2010 at 5:08 am #

    Dear tips bayi…
    Baby ku umurnya 5 bulan pola tidurnya menurut saya kok kurang sekali…tidur malam selalu jam 6 sehabis magrib baru jam 11/12 dia nangis minta susu setelah tu jam 2/3 pagi slalu terbangun ngoceh n main2 hampir 1jam klo capek dia bs tidur lg tp terkadang ga tidur sama sekali sampai mandi pagi jam 6 setelah mandi baru tidur tu aja cuma 1/2 – 1 jam aja jam 11 siang tidur tp cm 1/2 jam aja…n ga tidur lg sampe mandi sore baru tidur jam 6 malam. kira2 pengaruh ga ya ma perkembangannya??? terima kasih…

  88. tipsbayi September 23, 2010 at 4:14 am #

    @ ade dian,

    Sepertinya jawaban untuk kiky diatas cocok juga dengan pertanyaan Anda..

    Posisi tidur miring boleh saja dan sebaiknya Anda rubah dengan posisi bergantian. Ngedongak sejauh bayi Anda nyaman tidak apa-apa. Dan dapat dipastikan, bayi Anda yang sudah berusia 7 bulan bisa mencari posisi tidur yang menurutnya nyaman.. Anda jangan terlalu khawatir.. ;-)

  89. ade dian September 23, 2010 at 2:58 am #

    dear tips bayi,

    nanya dong anak ku umurnya 7 bulan, kalo tidur susah sekali dan sekalinya bisa tidur cuma sebentar sekitar 1/2 jam kalo siang dan kalau malam sering terbangun bisa lebih dari 2 kali. Kenapa ya? dan posisi tidurnya miring serta kepalanya suka ngedongak…. mohon infonya ya.. thank you…

  90. tipsbayi September 23, 2010 at 2:56 am #

    @ kiky,

    Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh, pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

    Ketika si kecil berusia 6 bulan, secara fisik ia sudah mampu tidur sepanjang malam. Bagaimana si kecil tidur sangat tergantung pada apa yang dipelajarinya tentang tidur dan polanya pada usia sebelumnya.

    Namun belum terlambat, Anda dapat melatihnya membentuk pola tidur yang baik pada usia ini, dengan cara:

    o Menetapkan waktu tidur malam dan siang

    Ketika si kercil masih bayi baru, Anda menandai waktu tidurnya dengan memperhatikan tanda-tanda mengantuk yang ia tunjukkan (menggesek mata, menarik telinga, dll). Di usia yang sudah lebih besar ini, Anda sebaiknya mulai menentukan waktu tidur malam dan siangnya pada jam yang sama, sebagai pembentuk pola tidurnya. Jam tidur yang baik bagi bayi adalah antara 19.00 – 20.30; lebih larut dari waktu tersebut, biasanya si kecil akan kelelahan, dan sulit tidur.

    Bayi mungkin saja tidak terlihat lelah saat larut malam – sebaliknya bayi akan terlihat energik. Tetapi percayalah: Ada tanda-tanda tertentu yang akan diperlihatkannya jika ia melewati jam tidurnya. Anda juga dapat menentukan waktu tidur siangnya sama seperti menentukan waktu tidur malam.

    o Bentuklah rutinitas sebelum tidur

    Jika hal ini belum Anda lakukan sebelumnya, inilah saat yang tepat untuk memulai rutinitas sebelum tidur (biasanya malam hari). Misalnya, membersihkan badan bayi, menggantik pakaiannya, membaringkannya di tempat tidur, membacakan cerita pengantar tidur, memberikan ciuman selamat tidur. Rutinitas yang dilakukan dengan urutan yang sama setiap malam, akan membentuk kebiasaan dan konsistensi pada anak.

    o Bangunkan si kecil pagi hari

    Jika bayi Anda cenderung tidur lebih dari 10 – 12 jam setiap malam, bangunkan ia pada pagi hari, agar jam biologisnya kembali normal. Bayi perlu mengikuti pola tidur-bangun yang regular dan mengumpulkan tenaganya saat tidur siang. Bangunkan ia setiap pagi pada jam yang sama, dengan cara ini, Anda membuat ia beristirahat setiap siang pada waktu yang sama.

    Kesulitan yang mungkin muncul

    Ketika si kecil masih bayi baru, bangun tengah malam dan pola tidur negatif – tergantung pada belaian, tepukan – adalah masalah tidur yang dihadapi. Tetapi ketika mencapai usia 3 – 6 bulan, bayi dihadapkan pada kesulitan tertidur.

    Jika bayi Anda sulit jatuh tertidur pada malam hari, pastikan ia tidak tidur terlalu malam. Jika bukan ini masalahnya, maka mungkin saja si kecil mengembangkan pola tidur negatif. Saat ini bayi harus belajar tidur sendiri, tidak karena ia ditepuk-tepuk, dibelai, atau dibiarkan menghisap dot.

    Menyusu pada malam hari

    Tujuan yang dikembangkan pada usia ini adalah mulai menegaskan waktu tidur. Dengan cara ini, ketika si kecil terbangun pada malam hari, ia tidak akan mencari ASI untuk membuatnya kembali tertidur.

    Jodi Mindell: Hapus kebiasaan menyusu pada waktu tidur, agar bayi tidak mengasosiasikan menyusu dengan waktu tidur. Selama menyusu tidak dihubungkan si kecil dengan waktu tidur, Anda dengan baik bisa memastikan bahwa saat si kecil terbangun di tengah malam, benar-benar hanya karena ia lapar. Bukan karena membutuhkan sekadar penenangan untuk kembali tertidur. Langkah lain yang dapat dilakukan adalah membangunkan si kecil dan menyusuinya sebelum Anda berangkat tidur.. ;-)

  91. kiky September 22, 2010 at 8:32 am #

    dear tips baby,
    mow nanya, anak aq umurnya 6 bln..sekarang klo tidur siang biasanya cuma 1 jam,padahal dulunya klo tidur bisa agak lamaan,apa g ngeganggu perkembangannya nanti?
    terus saat ini,pada saat tidur sukanya tidur miring,apa g berpengaruh ama tulang belakangnya,takutnya ntar tulang belakangnya jadi bengkok..thanks b4..ditunggu infonya ya :-)

  92. tipsbayi September 17, 2010 at 3:15 am #

    @ enin,

    Untuk waktu tidur, biasanya bayi usia 1 bulan membutuhkan waktu tidur sekitar 15 jam dalam sehari semalam; sekitar 8 jam pada waktu malam dan sekitar 7 jam di waktu siang. Namun 7 jam di waktu siang ini biasanya terbagi dalam beberapa kali tidur.

    Ada waktunya si kecil Anda biarkan bermain sendiri, namun ada waktunya Anda juga terlibat dalam permainannya. Dengan keterlibatan Anda, maka ikatan kasih antara Anda dengannya akan semakin kuat, Anda bisa terus berkomunikasi dengannya sehingga ia akan lebih cepat bisa bicara nantinya dan masih banyak keuntungan lainnya.

    Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh, pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

    Dan.. Bagus sekali apabila Anda bisa memberikan ASI saja pada bayi Anda..
    ASI adalah susu terbaik untuk bayi Anda yang tidak akan tertandingi sekalipun oleh sufor termahal.. ;-)

    Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

    Dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

    Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

    ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

    Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

    Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

    Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

    Jadi pilih ASI atau sufor…? :-)

  93. enin September 16, 2010 at 6:19 pm #

    Bayi saya umur 50 hari, Asi+sufor. Sebelumnya, kalo mau tidur saya susui dg Asi dilanjut dg dot utk bisa tidur(pake sufor 60ml, 2-3 kali sehari ato asi hasil pompa). Beberapa hari ini, sulit tidur, maen sendiri di tempat tidurnya. Akhirnya saya paksa utk menidurkannya dg digendong, krn kalo kelamaan bisa rewel. Awalnya bisa, 2 hari ini, stl digendong bs tertidur stl ditaruh bangun lagi dan melek gak bs tidur, perlu waktu 1 jam lagi utk menidurkannya. Pernah saya biarkan di tempat tidur maen sendiri,eh malah gak tidur2 sampai jam 12 mlm.siang hari pun begitu, tidur 10-15 menit digendongan, kemudian bangun gak bisa tidur.Dan setiap kaget (selagi tidur) akan melek dan gak bs tidur lagi.Kenapa dg bayi saya?

  94. tipsbayi September 9, 2010 at 10:24 am #

    @ yayang,

    Wah, bisa banyak kemungkinan. Memangnya dari berbagai penyebab yang disebutkan di atas tidak ada yang cocok? :)

  95. yayang September 8, 2010 at 1:13 am #

    tips bayi tolong ya……..

  96. yayang September 8, 2010 at 1:11 am #

    bayiku setiap jam 2-5 bangun dan selalu nangis terus knapa ya,,,,,,?

  97. tipsbayi September 7, 2010 at 2:03 am #

    @ candra,

    Sepertinya tidak ada yang perlu dicemaskan ya… :)

    @ mama amanda,

    Jangan khawatir, nanti seiring dengan bertambahnya usia, biasanya dia akan berubah kok kebiasaannya. Bahkan banyak bayi yang biasa digendong sebeleum tidur, ketika sudah berusia 6 bulan-an sudah menolak untuk digendong :)

  98. mama amanda September 2, 2010 at 9:18 am #

    dear tips baby,
    anak saya umur 3 bulan. klo tidur siang harus digendong dulu baru mau tidur.dan klo ditidurkan diranjang akan terbangun. kira kira sampai umur brp akan seperti ini ya? apakah ketika dia umur 1 th atau lebih sudah bisa mandiri sendri tidurnya tanpa digendong?

    tolong segera di reply. thx ya :)

  99. candra September 2, 2010 at 5:26 am #

    Baby saya sekarang berusia 6 bulan,dari dulu kalau tidur ( wkt malam hari ) sering gelisah / sering ah..uh..ah..uh,tapi tidak sampai terbangun pada jam2 tertentu yang cenderung hampir sama setiap harinya.Begitu saya kasih ASI, dia langsung tenang dan tidur kembali. Apakah kebiasaan ini nantinya juga mempengaruhi kualitas tidur si baby? Thank’s before.

  100. tipsbayi September 1, 2010 at 12:47 am #

    @ Arra,

    Untuk waktu tidur, biasanya bayi usia 1 bulan membutuhkan waktu tidur sekitar 15 jam dalam sehari semalam; sekitar 8 jam pada waktu malam dan sekitar 7 jam di waktu siang. Namun 7 jam di waktu siang ini biasanya terbagi dalam beberapa kali tidur.

    Anda harus meluangkan waktu lebih banyak lagi dengan si bayi, sehingga ia tidak lebih dekat dengan pengasuh dibanding dengan Anda.

    Ada waktunya si kecil Anda biarkan bermain sendiri, namun ada waktunya Anda juga terlibat dalam permainannya. Dengan keterlibatan Anda, maka ikatan kasih antara Anda dengannya akan semakin kuat, Anda bisa terus berkomunikasi dengannya sehingga ia akan lebih cepat bisa bicara nantinya dan masih banyak keuntungan lainnya.

  101. tipsbayi September 1, 2010 at 12:40 am #

    @ vina,

    Pola minum susu di malam hari terutama sepanjang malam merupakan hal yang wajar bila terjadi pada anak usia 0 – 6 bulan dimana susu merupakan satu-satunya sumber nutrisi apakah berasal dari ASI atau susu formula.

    Diatas usia 6 bulan, frekuensi minum susu terutama di waktu tidur malam umumnya berkurang seiring dengan sudah diberikannya makanan pendamping seperti bubur susu, sari buah yang membuat lambung si kecil lebih berasa terisi. Begitu juga ditahun-tahun selanjutnya.

    Seperti juga yang telah dikomentari oleh ibu-ibu lainnya, pemberian susu pada waktu tidur malam ditakutkan akan menganggu pertumbuhan gigi (hal ini bisa dihindari bilamana setelah si kecil minum susu, ibu memberikan air putih sebagai sarana untuk membawa sisa cairan kedalam tubuh untuk menghindari pertumbuhan plak gigi) dan juga tentunya dapat menganggu aktivitias tidur Ibu dan si Kecil.

    Minum susu di malam hari ternyata dapat merusak gigi anak bayi dan balita. Sebaiknya minum susu sebelum tidur dan gosok gigi terlebih dahulu. Gigi perlu dirawat sejak dini agar anak tidak mengalami gangguan tumbuh kembang gigi selain juga mempertahankan keadaan gigi yang normal. Cairan-cairan yang diminum bayi dan balita sangat mungkin mencetuskan kerusakan gigi. Penyebab terbesar kerusakan gigi anak balita adalah kebiasaan minum susu atau cairan manis dalam botol dot menjelang tidur. Hal ini karena umumnya susu mengandung gula, dan gula yang menempel semalaman akan menyebabkan gigi keropos.

    Sebagai solusi tidur nyenyak, sepertinya artikel di atas sudah cukup jelas ya Bu…

  102. Arra August 27, 2010 at 7:27 am #

    Dear tips bayi, anak saya berumur 6 minggu. sudah beberapa hari ini kalau siang hari tidurnya susah sekali, harus digendong, apabila sudah pulas, ditaruh di ranjangnya, tidak sampai 10 menit sudah nangis lagi, memang pada minggu2 sebelumnya kalau nangis sedikit saja biasanya akan langsung digendong oleh pengasuhnya,pdhl sdh saya larang krn saya takut lama kelamaan anak saya akan bau tangan, jadi akhirnya saya minta unutuk ditepuk2 saja di ranjangnya, tapi tidak berhasil dan akhirnya digendong lagi oleh pengasuhnya. Apakah cara ini sudah masuk ke dalam tahap membiasakan diri untuk tidak digendong lagi apabila mau tidur? Tapi kalau di malam hari dia selalu tidur nyenyak, dari jam 7 malam sampai pagi, bangun karena lapar atau diganti popoknya. Apakah jam tidurnya sudah cukup?
    Selain itu karena saya baru mulai pulih jadinya saya jarang menggendong dan pengasuh saya tidak, jadinya apabila saya gendong anak saya dalam keadaan nangis, jadi lebih susah mendiamkannya, lain dengan pengasuhnya, langsung berhenti nangisnya.apa karena dia mulai tbiasa dgn pengasuhnya ya? Apa yg hrs saya lakukan?
    Oiya satu lagi,apabila saya temukan dia sedang bermain, dia lebih anteng bermain sendiri,karena kalau didekati atau ada orang lain bersamanya malahan dia jadi nangis. Apa didiamkan saja bermain sendiri kemudian dipantau dari jauh? Terima kasih sblmnya :)

  103. vina August 27, 2010 at 5:23 am #

    dear tipsbayi,

    anak saya 11bln sering terbangun dimalam hari, biasanya dia langsung menangis namun bila diberi susu dia akan tidur kembali, tapi hal ini berlangsung sampai 3x. padahal sebelum tidur saya sudah memberikan dia susu lebih banyak dr yg biasanya maksudnya biar dia jd kenyang dan tidak bangun2 lg tengah malam… hal ini sangat menganggu kami, apakah ada cara supaya anak saya bisa tidur terlelap sampai pagi dan setahu saya ada yg pernah mengatakan bahwa balita tidak baik minum susu diatas jm 12 karna akan menganggu sistem metabolismenya… apakah itu benar. trims ya untuk sarannya

  104. tipsbayi August 25, 2010 at 5:52 am #

    @ yanti,

    Mohon maaf, untuk kasus seperti ini alangkah baiknya jika Anda periksakan ke dokter. Agar kondisi si kecil bisa dilihat langsung dan diberi diagnosa yang lebih tepat…

  105. yanti August 24, 2010 at 11:21 am #

    Dear tips bayi, anak saya usia 10 bulan, sangat rewel dan tidak bisa tidur nyenyak di malam hari. dari usia 1 minggu anak saya pipis dan feses nya bau adakah hubungan dengan gangguan saluran pencernaan. bagaimana mengatasiny. mohon infonya terimakasah. dari yanti

  106. tipsbayi August 23, 2010 at 3:22 am #

    @ Indaryani,

    Yang penting jangan dalam batas jangkauan bayi Anda, untuk menghindari ia tersedak benda kecil dari asesoris bantal misalnya, atau bahkan terhimpit.

  107. Indaryani Oktanto August 21, 2010 at 6:07 am #

    Dear Tips Bayi…
    Aku sangat suka dengan bantal2 yg lucu2 nih sama boneka2 yg lucu2…..apakah bayi yg baru lahir aman dekat dengan bantal2 n boneka2..?maksud saya,tempat tidurnya tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh sama bantal2 itu,tempat tidur bayi ada sendiri n ada selambunya…….mohon penjelasannya….Thanks

  108. tipsbayi August 17, 2010 at 6:37 am #

    @ Bunda Iara,

    Untuk kasus seperti ini, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter. Jika tidak puas dengan diagnosa dokter pertama, coba ke dokter lain…

  109. Bunda Iara August 12, 2010 at 12:17 am #

    Dear tipsbayi
    Anakku Iara umur 25 hari,klo siang hari dia bo2 terus habis dimandiin smp mlm jam 7,klo bangun jg krn minta susu,trs bo2 lg,tp nanti stlh jam 7 dia g bs bo2 nyenyak,srg gelisah (mulet2/ngeden disertai tangisan) smp pagi,napasnya jg grok2 ky ngorok,apa itu normal?pernah itu sy tanyakan sm dokter kata dokter tdk apa2,tp sy khawatir krn sy pnh bc artikel ttg alergi sufor ciri2nya banyak yg sm dg anak sy,krn dr lahir Iara minum sufor,minum ASI srg jengkel krn krg/tidak mau,oia dia jg sering buang angin.mohon sarannya.thanks

  110. tipsbayi August 4, 2010 at 3:31 am #

    Mohon maaf baru terjawab… sepertinya ada beberapa tanggapan/pertanyaan yang terselip dan tidak terdeteksi nih oleh “radar” Tips Bayi… :)

    @ meli

    Dari apa yang Anda kabarkan, sepertinya masih tergolong normal kok perkembangan si Rakha. Mengenai jadwal pemberian susu, jalankan saja seperti yang sudah Anda lakukan. Jangan takut si Rakha kelaparan di malam hari… kalau lapar dia juga akan menangis kok…

    @ mamanya ‘Aqila

    Sepertinya Anda bisa membaca artikel ini:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/gigi-bayi-anda-muncul-jangan-khawatir

    @theradina

    Sebenarnya dia tidak harus semangat nyusu, selama Anda memberikan makanan yang seimbang gizinya dan bervariasi. Semakin banyak ia mengkonsumsi MPASI, memang frekuensi menyusunya akan berkurang…

  111. theradina August 3, 2010 at 4:27 pm #

    Anakku, 9 bln hanya 6 kg, aku memang berpostur kecil, ayahnya berpostur normal. Sehat, jarang sakit. Tiap malam audi selalu gelisah tidurnya. Minum susu terakhir jam 6 sore. Jika aku mimiin susu jam 10an malam, audi menolak bahkan sampai nangis2, paling aku kasih minum air putih saja. Bangun jam 4/5 pagi baru mimi susu lagi. Apakah merk susunya harus diganti biar semangat nyusu? Terima kasih…

  112. mamanya 'Aqila June 22, 2010 at 4:15 am #

    dear tipsbaby yang ok…

    anakku dr umur delapan bulan baru tumbuh gigi, dan saat ini usia anakku sudah 19 bulan, yang menjadi pertanyaan saya, kenapa sampai usia 19 bulan gigi nya msh 8 ya ( di atas 4 & di bawah 4 ) bagaimana ya caranya agar giginya cepat keluar lagi, saya liat anak saya sptnya blm juga ada tanda2 mau numbuh gigi lagi, mohon sarannya ya

    thx

  113. meli June 22, 2010 at 2:04 am #

    oia tambahan lagi..
    Rakha lahir dg berat 3,2kg dan tgl 12 juni kmrn beratnya 5,7kg..
    Saat ini rakha sudah bisa mengoceh,memiringkan kepalanya seperti ingin tengkurap,rewelnya kadang2,saat terbangun/sadar ia tampak ceria dan bisa berkomunikasi..tetapi semenjak rakha bisa menghisap jarinya (kurang lbh usia 2,5 bln) ia jadi jarang menangis untuk menyusu,,saya jadi bingung ia lapar/haus tidak?saya takut rakha jatuh sakit karena saat tidur ia kelaparan…jadi saya menjadwalkan menyusuinya setiap 2 jam sekali…saya juga sering melihat rakha melakukan gerakan menghisap saat tertidur,apa itu tanda lapar?

  114. meli June 22, 2010 at 1:54 am #

    Dear tipsbayi..
    Saya mau curhat dan bertanya nih..
    Anak saya rakha skrg sdh 3 bln,lahir 22 maret 2010..
    Dari lahir sampai dg 2 mingguan ASI+SUFOR, stlh itu ASI saja..
    Kalau pagi stlh mandi dibedong lalu disusui lalu tidur kurang lbh 3-4 jam..tapi stlh itu tidak bisa tidur siang lagi,kalaupun tidur stlh menyusu dan dlm gendongan dan kalau diletakin menangis…akan tetapi saya membiasakannya sudah tertidur jam 7 malam dan akan terbangun 3-4 kali..hal ini terjadi sampai rakha berusia hampir 3 bln…apa ada dampak terhadap perkembangannya nanti?
    Mendekati 3 bulan ini saya ajarkan rakha tidur pagi stlh mandi dg tidak dibedong dan tidur siang tidak digendong,rakha bisa tertidur dg mudah selama 1/2 jam – 1 jam tapi dg menghisap jarinya dan kalau terbangun menangis..apa normal?kalau tidur malam sekitar jam 7 malam saya menidurkan rakha dg menyusuinya selama mungkin sampai rakha benar2 tertidur,apa tidak apa2?mohon saran dan tipsnya ya..Terima kasih…

  115. tipsbayi June 4, 2010 at 3:58 am #

    sylvia:

    Itu karena sudah kebiasaan.. Maka Anda perlu merubah secara bertahap kebiasaannya dengan kebiasaan tidur tanpa digendong.. Berikan kenyamanan yang lain pada bayi Anda untuk mengganti kenyamanan digendong..

    Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh, pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

    Sekali lagi.. Usahakan Anda memberikan ASI terus.. ASI itu kan tergantung dengan mindset kita. Kalo di pikiran Anda ditanamkan pesan bahwa “ASI saya pasti cukup buat bayi saya!”, itulah yg akan terjadi.. sebaliknya dalam benak kita terus menerus ada kekuatiran, “Duh, ASI saya sedikit banget, kayanya ngga cukup deh..” ya itu pula yg akan terjadi..

    ASI itu hukumnya supply dan demand. semakin banyak disusui dan dipompa akan
    semakin banyak berproduksi.. ;-)

    Satu hal lagi bahwa ASI diproduksi setiap saat. Termasuk juga sebelum, selama dan sesudah bayi menyusu. Diantara masa menyusu satu ke lainnya, ASI yg diproduksi akan disimpan dalam payudara ibu. Volume ASI yang disimpan dalam payudara akan lebih banyak jika masa jeda menyusu berikutnya lebih lama. Jumlah ASI yang disimpan dalam payudara relatif bervariasi pada tiap ibu dan TIDAK ditentukan dari ukuran payudara (meski ukuran payudara dapat membatasi kapasitas gudang ASI). Beberapa ibu tidak memiliki ruang simpan yang banyak. Meski demikian ibu yang memiliki gudang ASI sedikit ataupun banyak sama2 menghasilkan ASI yang cukup untuk bayi. Ibu yang memilki gudang ASI yang banyak relatif memilki jeda menyusui dengan waktu yg lebih lama dari ibu yang memiliki gudang ASI lebih sedikit.

    Apakah ASI akan kosong dari payudara Anda setelah bayi Anda menyusu ?

    Banyak orang berpikir bahwa cara kerja ASI sama seperti galon air (dispenser air). Begitu isinya kosong, maka ia perlu diisi ulang sebelum bayi menyusu lagi. Ini bukan cara kerja produksi ASI. ASI diproduksi setiap saat. ASI tidak akan pernah habis 100%, meski bayi telah menyusu pada payudara tsb. Penelitian laktasi membuktikan, bayi tidak akan menghabiskan semua stok ASI pada payudara. Jumah ASI yang diminum tergantung dari nafsu makannya. Umumnya volume ASI yang diminum oleh bayi relatif berkisar 75-80% dari 100% stok ASI di payudara. Sederhananya, bayangkan ilustrasi berikut. Mengosongkan ASI dari payudara sama saja seperti menguras sungai. Sesuatu yang mustahil dilakukan. Karena ASI akan terus mengalir sementara ASI itu sendiri dikeluarkan.. ;-)

  116. sylvia June 1, 2010 at 4:09 am #

    oiya,, saya juga sudah mengatur pola pikir saya agar asi saya pasti cukup buat bayi.. hiks,. apa karena saya kerja kali ya..? setengah hari saya tidak menyusui krn saya pulang kerja jam 2 siang.. tapi selalu saya pompa..
    sebenarnya diperlukan waktu berapa lama agar ASI mengisi kembali..?
    maaf sebelumnya banyak bertanya.. thanks.

  117. sylvia June 1, 2010 at 4:06 am #

    tambahan nih tipsbayi,.. saya mau tanya bagaimana caranya agar asi saya lancar.. saya sudah minum daun katuk, baik pil nya, jus nya dan juga dibuat sayur.. saya juga banyak minum air, makan kcg ijo walopun tidak sering, and makan sayur dan makan makanan yang berkuah..
    selama ini anak saya diberi tambahan formula krn kadang dia rewel gak mau tidur, maunya nyusu terus.. dia nempel terus ke payudara saya.. jadi otomatis seperti tidak diberi waktu untuk mengisi kembali.. saya sendiri merasakan (maaf) kempes begitu.. setelah diberi formula dia masih saja seperti kelaparan gitu,, apa bayi saya yang nyusu terus itu dapat asi walopun payudara saya sudah kempes…?? trims

  118. sylvia May 31, 2010 at 12:49 pm #

    dear tipsbayi,

    mohon solusinya..bayi saya lahir tgl 25 feb 2010, ini berarti uda 3 bln jalan..akhir2 ini kondisinya semakin susah tidur, tidur sebentar2 (15 menit -1 jam),dan kalau sekali bangun dia bisa tidak tidur seharian..memang sebelumnya dia kebiasaan di gendong saat ditiduri..jadi jika saya taruh di tempat tidur, seperti bingung mencari sesuat untuk dipegang seperti saat digendong..
    anehnya belakangan ini, malah jika digendong dengan posisi tidur(badan bayi direbahkan) dia bisa mengamuk,menangis seperti tidak mau ditiduri, padahal si bayi uda benar2 ngantuk, mata merem tp ngomel2..dikasi susu sudah, suasana dibuat senyaman mungkin, dengan alunan music bayi..tapi minta selalu dalam posisi duduk atau berdiri klo tidak dia nangis..
    mohon petunjuknya..karena saya sungguh khawatir kalau bayi saya kurang tidur..

    terima kasih banyak..tolong reply nya..thx

  119. tipsbayi May 19, 2010 at 10:17 am #

    Yosep:

    Dengan begini Anda sudah bergabung lho.. ;-)
    Anda bisa sharing dengan kita semua disini..

    Selamat bergabung.. :-)

  120. Yosep May 17, 2010 at 3:21 pm #

    Bagaimana untuk bisa bergabung dengan tips bayi dan bisa mengetahui update2 terbarunya.. Di karenakan sungguh indah jika bisa berbagi,apalagi untuk jagoan2 kecil kita.. Terima kasih

  121. tipsbayi May 3, 2010 at 3:51 am #

    Ayu:

    Memang berat bayi Anda termasuk besar pada usianya.. Pertahankan pemberian full ASI dan MPASI yang sudah Anda berikan selama ini, berikan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan..

    Perut kembung atau buang angin terus itu tidak apa-apa.. bayi Anda tidak rewel kan..?
    Sendawakan bayi Anda sehabis menyusu dengan cara gendong berdirikan bayi Anda bersandar pada dada Anda seraya mengusap/menepuk perlahan bayi Anda.. ;-)

    Apabila sulit tidur disertai rewel dan sering buang angin maka kemungkinan kolik, tapi bila bangun malam hanya untuk minta ASI saja tidak rewel Anda jangan khawatir..

    Anda bisa baca artikel berikut..

    http://www.tipsbayi.com/index.php/tidur-bayi-anda-tidak-nyenyak-ketahui-sebab-dan-solusinya

  122. tipsbayi May 1, 2010 at 1:56 am #

    fanny:

    Anda bisa memberikan jadwal minum susunya mendekati jadwal tidur malamnya.. Dan ketika malam bayi Anda terbangun minta ASI, Anda bisa merasakan atau menilai apakah menyusunya pada malam itu memang bayi Anda haus atau hanya mencari kenyamanan? Bisa terlihat dari cara mengisap ASI-nya, apabila dalam beberapa saat bayi Anda tertidur lagi maka kemungkinan memang bayi Anda hanya mencari kenyamanan. Apabila demikian Anda bisa mencoba dengan mendekap dan menepuk-nepuk perlahan.

    Dilihat juga suhu atau cuaca di daerah Anda apakah panas? Sehingga menyebabkan bayi Anda berkeringat banyak dan menyebabkan dehidrasi, maka apabila memang begini berarti bayi Anda memang memerlukan ASI sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang.. ;-)

    Jadi kalau bayi Anda minta ASI, Anda berikan saja deh.. kan HAK bayi Anda toh.. ;-) Lagi pula dua kali bangun dalam semalam pada usia seperti itu wajar.. Asal tidak rewel..
    Seiring dengan bertambahnya usia bayi Anda maka frekuensi bangun malamnya akan berkurang..

  123. Ayu April 30, 2010 at 6:36 am #

    bayi saya 7bulan skr berat badannya 10,5 kg tinggi 68,5 cm. full ASI,sudah mulai makan bubur, sayur dan buah. hanya pagi dan sore hari. selain itu full asi. apakah berat badannya normal? padahal full ASI. bayi saya juga sulit tidur dimalam hari, terbangun hampir setiap 2 jam dan minta minum.. juga sering buang angin/perut kembung.. tolong sarannya.

  124. fanny April 29, 2010 at 5:55 am #

    jadi bagaimana solusi “merubah KEBIASAAN yang sebelumnya dengan DIBIASAKAN mengenalkan secara bertahap KEBIASAAN barunya” karena malam hari bayi saya masih minta susu, apakah harus tetap diberikan? karena katanya kalau diberikan akan menjadi kebiasan bagi si bayi untuk memintanya…

  125. tipsbayi April 29, 2010 at 12:18 am #

    nitha, Anonymous, fanny:

    Pada usia 2-12 bulan, umumnya bayi tidur selama 9-12 jam pada malam hari dan tidur siang 1-4 kali sehari. Pola tidur bayi dan batita akan berubah sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya.

    Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh, pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

    Perlu diingat.. Untuk membentuk kebiasaa bukan dengan paksaan.. Akan tetapi dengan bertahap merubah KEBIASAAN yang sebelumnya dengan DIBIASAKAN mengenalkan secara bertahap KEBIASAAN barunya.. Dan itu tidak akan berubah secepat yang Anda bayangkan.. Perlu waktu.. ;-)

  126. fanny April 26, 2010 at 6:09 am #

    anak saya berusia 9 bulan. Dia masih suka terbangun untuk minta susu di malam hari jam 12 malam dan jam 3 subuh, akhirnya saya berikan ASI. Jam tidurnya jam 10 malam, sebelumnya suka tertidur sebentar2 sekitar 1 jam sebanyak 2/3x (jam 10 pagi, jam 1 siang, dan jam 6 sore). Saya sudah meberi dia makan dan Su2 spt jadwal makan bayi standar. Saya menyesui ASi dan campur sufor… tapi kenapa dia masih suka terbangun yah? mohon solusinya… terima kasih sebelumnya :)

  127. fanny April 26, 2010 at 6:05 am #

    bagaimana solusi agar anak bisa tidur panjang di malam hari?

  128. Anonymous April 26, 2010 at 5:53 am #

    bayi saya juga masih suka terbangun di malam hari jm 12 malam dan jam 3 subuh. Usianya sekarang 9 bln. Bagaimana caranya supaya dia bisa tidur panjang? jam tidurnya jam 10 malam. Bangun pagi jm 7, tidur siang jam 1, kadang sore tidur jg.
    Malam sebelum dia tidur sudah saya berikan makan dan su2 agar dia kenyang, tapi kenapa di mlm hari dia msh terbangun minta susu, dan akhirnya selama ini sya berikan dia ASI… mohon solusinya karena katanya bayi itu harusnya bisa tidur panjang di malam hari…

  129. nitha April 20, 2010 at 2:47 am #

    bayi sy skg berumur 2 bln 11 hari. bayi sy klo tdur siang tdk prnh nyenyak. sy prnh mencoba menidurkan bayi sy dgn memberi ASI smpe terlelap tp tidak smpe 10 menit psti terbangun. Setelah itu sy menidurkannya dgn menggendong smpe tertidur lalu sy tidurkan di kereta dorongnya. klo bayi ku bngun sy lngsung mendorong2nya smpe tertdur lg, tp tdurnya hanya sejam sj. Klo malam, tdurnya nyenyak skali, tp jam tdur mlmnya skitar jam 9 malam. Bngun jam 5 subuh, lalu tdur lg jam 7/jam 8 pagi, bngunnya jam 9. Apa yg menyebabkan bayi sy susah skali tdur?bgmana cara menghilangkan kebiasaan digendong smpe tertidur? mohon solusinya…

  130. tipsbayi April 8, 2010 at 4:58 am #

    jenie:

    Gelisah atau sering terbangun malam pada bayi ada beberapa penyebab selain haus dan lapar. Bisa juga bayi Anda merasakan gerah, dingin pegal atau capek karena terlalu banyak rangsangan bermain disiang harinya atau bahkan bisa saja merasakan sesuatu yang sakit. Akan tetapi Anda jangan khawatir apabila bayi Anda tidak memperlihatkan keluhan lain..

    Anda bisa mencoba menarik jadwal makan sorenya setengah jam mendekati jadwal tidur bayi Anda. Dan pada sore hari sekitar jam 3 atau 4 sore Anda berikan makanan ringan atau buah..

    Berikut ini contoh jadwal pemberian MPASI untuk bayi yang bisa Anda ikuti:
    (jadwal ini adalah untuk bayi berusia 6-9 bulan dan diterapkan secara bertahap)

    Pukul 06.00 (bangun tidur)
    ASI/PASI

    Pukul 08.00 (makan pagi)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 10.00
    Buah segar/ biskuit

    Pkl. 12.00 (makan siang)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 14.00 (sebelum tidur siang)
    ASI/PASI

    Pkl. 16.00
    Buah segar/ biskuit

    Pkl. 18.00 (makan malam)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 21.00
    ASI/PASI

    Selamat mencoba..

    Untuk takaran makan berikan sesuai kesiapan dan berikan dengan bertahap.. ASI bisa sesuai permintaan bayi Anda.. ;-)

  131. jenie April 7, 2010 at 5:00 am #

    bayi saya sekarang 7 bulan, untuk makan sore biasanya saya berikan sekitar jam setengah 5 sore, setelah itu hanya minum susu sampai pagi. tidur malam biasanya jam 7 atau 8, tapi akhir2 ini sering terbangun dan tidurnya agak gelisah. apakah bayi saya kurang makan ya ? perlukah ditambah lagi untuk makan malam ? karena saya takut kalau sudah makan malam, dia ga mau minum susu lagi.
    .. thanks

  132. tipsbayi March 29, 2010 at 4:50 am #

    rian:

    Ada kemungkinan demikian.. karena aktifitas siang hari akan sangat berpengaruh terhadap pola tidur bayi Anda. Anda bisa melihat dan mencoba ketika bayi Anda dan Anda berdua dalam masa libur tidak bekerja dan tidak bepergian, Anda jalani hari tenang.. bagaimana reaksi yang diperlihatkan bayi Anda ketika beranjak tidur.. ;-)

    Anda juga bisa mempraktekan pemijatan pada bayi Anda seperti pada rekaman video di atas..

  133. tipsbayi March 29, 2010 at 4:39 am #

    Risnawati:

    Tidak semua seperti itu.. Bisa saja itu karakter bawaan bayi Anda untuk mencari kenyamanan dalam tidurnya. Atau apabila itu tidak biasa dilakukan sebelumnya, berarti bayi Anda gelisah bisa jadi tidak enak badan atau pegal-pegal karena terlalu banyak aktifitas pada siang hari..

    Anda bisa coba tiru pemijatan pada video diatas.. ;-)

  134. tipsbayi March 29, 2010 at 4:29 am #

    olviane sumampouw:

    Sama-sama.. ;-)

  135. tipsbayi March 29, 2010 at 4:08 am #

    yulie:

    Mohon maaf nih.. kami agak telat menjawab pertanyaan Anda.. :-)
    Sejauh ini yang telah Anda lakukan sudah benar..

    Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh, pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

    Perlu diingat.. Untuk membentuk kebiasaa bukan dengan paksaan.. Akan tetapi dengan bertahap merubah KEBIASAAN yang sebelumnya dengan DIBIASAKAN mengenalkan secara bertahap KEBIASAAN barunya.. Dan itu tidak akan berubah secepat yang Anda bayangkan.. Perlu waktu.. ;-)

  136. rian March 28, 2010 at 4:56 pm #

    saya mau tanya. setiap pagi (senin s/d sabtu ) anak saya yang baru 7 bulan saya bawa ke tempat orang tua saya dan setiap sore saya bawa pulang, karena kami berdua bekerja….jarak antara rumah saya dan orangtua saya sekitar 4 kilo, dan saya membawa kesana memakai motor…dan setiap malam kalau tidur selalu gelisah, apakah gelisah tersebut di akibatkan terlalu sering dibawa-bawa?….terimakasih

  137. Risnawati March 26, 2010 at 6:25 am #

    mau nanya, anak saya berumur sebelas bulan. dia kalo mau tidur selalu gelisah.guling sana guling sini seperti mau dibikin cape dulu badannya baru dia bisa tidur.apakah bayi selalu seperti itu?

  138. olviane sumampouw March 23, 2010 at 1:09 am #

    Maksih yah…

  139. yulie March 16, 2010 at 3:19 pm #

    sedikit tambahan. Saya selalu menyusui disaat dia sudah tertidur, apakah itu salah?krn bila tidak sedang tidur kadang dia malas menyusu. dan bila malam2 dia selalu terbangun saya cek dulu, bila sudah 2 jam saya akan menyusui kembali,tapi bila baru 1/2 atau 1 jam dia terbangun lg saya hanya menidurkannya saja. Sekedar informasi baru 2 hari ini saya mengajarkan dia tidur tidak sambil digendong dan sepertinya berhasil walaupun dia menangis keras dulu sebelumnya tapi hanya sebentar. Sebelum2nya saya selalu menggendong dia sambil jalan2 baru dia mau tertidur,krn saya lelah setiap hari harus begitu,saya memutuskan untuk mengajarkan cara tidur yg baru. Sekian dan trims… Mohon tips nya ya…

  140. yulie March 16, 2010 at 3:04 pm #

    Dear tips bayi,

    Bayiku umur 6,5 bulan. Setiap hari tidur siang 3 kali, yaitu setelah mandi pagi, siang sekitar jam 1 atau 2,dan sore hari jam 6. Waktu tidurnya pun tidak lama, sekitar 1/2 sampai 1 jam saja. Sedangkan tiap malam tidur jam 10 malam. Saya sudah mengatur schedule tidurnya sejak umur 3 bulan. Tapi kenapa setiap malam dia sudah terlelap,pasti 1/2 atau 1 jam dia akan bangun lagi. Padahal sebelum tidur dia sudah menyusu sampai puas.Setiap malam did pasti akan terbangun 4 sampai 5 kali dan saya menyusui dan menidurkannya kembali. Apa ada yg salah dengan pola tidurnya?saya berharap dia bisa tidur terus sampai pagi. Tolong tips nya ya. Thanks

  141. tipsbayi March 3, 2010 at 4:47 am #

    santy andriany:

    Wa’alaikum salam,
    Apabila tidak demam, Insya Allah NORMAL kok.. bahwa gerak kaget itu adalah gerak refleks bayi Anda yang sedang mengembangkan otot dan syaraf untuk bergerak, biasanya terjadi pada fase tidur REM.

    Sementara kedutan bayi ini seringkali menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua, namun para dokter justru akan khawatir bila tidak melihatnya. Bayi yang baru lahir secara rutin akan mendapat pemeriksaan refleks ini. Adanya refleks ini justru menjadi tanda bahwa sistem persarafannya berfungsi degan baik. Anda akan mendapatkan bahwa refleks ini kelak akan semakin berkurang dan akhirnya akan sama sekali hilang di antara empat dan enam bulan. (Tentu saja bayi anda dapat terkejut pada segala usia, tetapi degan pola kedutan yang berbeda.) ;-)

    Kurang tidur pada bayi memang akan menghambat perkembangannya dan stamina bayi akan tidak fit maka rentan sakit..

  142. santy andriany February 25, 2010 at 5:58 am #

    Asalamualaikum………….bayiku berumur 50 hari udah seminggu ini bayi ku sulit tidur malam bahkan tiga malam terakhir bayiku tidak tidur samasekali….semalemen mimi tanpa berhenti….ketika dicoba untuk ditidurkan bayiku terlihat seperti orang kaget (refleks badannya seperti kaget)kemudian menangis keras lalu mimi lagi….semaleman rutinitasnya seperti itu….kata mamahku mungkin bayiku nggak enak badan karena terlalu banyak digendong atau salah posisi menggendong dan perlu dipijit…….apa itu memang banar???kapan ya anaku bisa tidur normal lagi??apa kurang tidur pada bayi tidak akan mengganggu kesehatannya??mohon pencerahanya………..terimakasih sebelumnya

  143. tipsbayi February 18, 2010 at 8:04 am #

    bunda dyadita:

    Bayi Anda usianya berapa ya? Bayi memang belum menemukan pola tidur yang tetap, tetapi dengan sendirinya akan terbentuk pola tidur yang baik dan tetap asal kita senantiasa membiasakan dan ikut mengatur pola tidur bayi. Kebutuhan tidur bayi umur 2 bulan atau 3 bulan adalah sekitar 15 jam setiap harinya, seiring dengan waktu akan berkurang intensitas tudur siangnya berganti dengan tidur malam..

    Pada usia 2-12 bulan, umumnya bayi tidur selama 9-12 jam pada malam hari dan tidur siang 1-4 kali sehari. Pola tidur bayi dan batita akan berubah sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya.

    Pola tidur yang baik pada bayi dan batita paling ideal dibentuk ketika mereka berumur 3-6 bulan. Ciri bayi dan batita yang mendapat cukup waktu tidur adalah mudah tertidur malam hari, mudah terbangun pagi hari, tidak rewel, mudah diatur, dan tak memerlukan tidur siang yang melebihi kebutuhan sesuai dengan perkembangannya.

    Sedangkan bayi 2 bulan membutuhkan durasi minum ASI 3-4 jam sekali, maka masih wajar apabila bayi Anda sering bangun untuk minta ASI. Bahkan dalam rentang waktu tidurnya Anda perlu juga memperhatikan kebutuhan ASI bayi Anda, Anda bisa berikan sewaktu bayi Anda bangun atau bisa saja terpaksa bangunkan bayi Anda perlahan dan berikan ASI.. ;-)

  144. bunda dyadita February 16, 2010 at 7:54 am #

    Dear tipsbayi. Thanx ya buat tips2x nya. Banyak sekali tips2x yg membantu saya dlm merawat twin baby saya. Numpang nanya nih, sampe brp bulan ya bayi tiap malam selalu bangun 2 jam sekali utk minta susu?? Mengingat siang saya dan suami harus bekerja. thanx be4, semoga tipsbayi selalu T-O-P ; )

  145. tipsbayi February 14, 2010 at 4:53 am #

    ratie:

    Pola tidur bayi belum baku. Pola tidur bayi dipengaruhi juga oleh aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh, pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

    Anda sebaiknya mulai menentukan waktu tidur malam dan siangnya pada jam yang sama, sebagai pembentuk pola tidurnya. Apabila sudah mendekati jam tidur siangnya, hindarilah rangsangan untuk bermain. Ciptakan suasana sekeliling bayi Anda yang tenang.. Anda bisa memberikan jadwal makan 1 jam sebelum waktu tidur siangnya..

    Perlu diingat.. Untuk membentuk kebiasaa bukan dengan paksaan.. Akan tetapi dengan bertahap merubah KEBIASAAN yang sebelumnya dengan DIBIASAKAN mengenalkan secara bertahap KEBIASAAN barunya.. Dan itu tidak akan berubah secepat yang Anda bayangkan.. Perlu waktu.. ;-)

  146. ratie February 12, 2010 at 11:30 am #

    Oya, sedikit tambahan.. saya juga sudah membiasakan bayi saya tidur setiap jam 8-9 malam. tapi tetap saja jam 12-1 dia bangun lagi dan ga tidur2 sampai subuh. Mau digendong, disusuin, tetep aja ga tidur juga. Baru tidur lagi ya subuh itu, bahkan kadang pagi baru tidur.. apakah bayi saya begini hanya sementara saja? misal krn lagi mau bertambah kecerdasan? hiks.. please help!

  147. ratie February 12, 2010 at 11:02 am #

    dear tips bayi, kira2 2 minggu yang lalu saya mencoba membiasakan anak saya (5bulan) tertidur sendiri tanpa dibantu oleh mama-papanya. Caranya adalah dengan membiarkan dia di boksnya hingga dia tertidur sendiri. Tapi proses itu sangat menyakitkan karena anak saya nangis sampai 2 jam lebih baru bisa tidur. Menurut sumber yang saya baca, hal tersebut hanya akan terjadi 3-4 hari setelah itu si bayi akan bisa langsung tidur sendiri tanpa menangis. Tapi mungkin krn saya tidak tega dan tidak konsisten, belum sampai 3 hari, saat anak saya menangis terus, saya ga tahan dan akhirnya menggendong dia. Setelah kejadian itu, hampir setiap jam 11 malam dia terbangun dan langsung menangis kencang. Apakah dia trauma ya? Akhirnya saya pun meminta maaf kepada anak saya dan perlahan2 dia bisa tidur lebih lama dari jam 11 dan kalo bangun sudah ga menangis kencang, tapi ketika terbangun sekitar jam 12-1 dia ga tidur lagi lalu ngajak main dan lama2 rewel sendiri sampai subuh bahkan kadang jam 7 baru tdur lagi. Saya bingung sekali mesti bagaimana.. Dan saya takut hal ini akan menjadi kebiasaan. Kalaupun siangnya tidurnya saya batasi akan sangat sulit sekali karena mlam sebelumny dia begadang dan siang menjadi sangat mengantuk. Mohon bantuannya ya.. Terimakasih sebelumnya.

  148. tipsbayi February 11, 2010 at 3:26 am #

    eni rohaeni:

    Anda sebaiknya mulai menentukan waktu tidur malam dan siangnya pada jam yang sama, sebagai pembentuk pola tidurnya. Apabila sudah mendekati jamtidur siangnya, hindarilah rangsangan untuk bermain. Ciptakan suasana sekeliling bayi Anda yang tenang.. Anda bisa memberikan jadwal makan 1 jam sebelum waktu tidur siangnya..

    Tidur sebentar tetapi berkwalitas tidak mengapa.. Ciri bayi dan batita yang mendapat cukup waktu tidur adalah mudah tertidur malam hari, mudah terbangun pagi hari, tidak rewel, mudah diatur, dan tak memerlukan tidur siang yang melebihi kebutuhan sesuai dengan perkembangannya.. ;-)

  149. tipsbayi February 11, 2010 at 3:18 am #

    bunda kiandra:

    Bayi seumuran kiandra memang belum menemukan pola tidur yang tetap, tetapi dengan sendirinya akan terbentuk pola tidur yang baik dan tetap asal kita senantiasa membiasakan dan ikut mengatur pola tidur kiandra..

    Sedikit demi sedikit rubahlah kebiasaanya.. Buatlah kebiasaan yang baru, misalnya mengusap-ngusap kepala kiandra apabila sudah terlihat tanda-tanda mengantuk. Misalnya, mengucek-ngucek mata, menarik telinga, atau terlihat bayangan gelap di bawah matanya. Jika Anda menangkap tanda-tanda seperti ini, atau tanda-tanda mengantuk lainnya, tidurkanlah si kecil segera.. ;-)

  150. tipsbayi February 11, 2010 at 2:41 am #

    mama Yafi:

    Mohon maaf baru dijawab. :-)
    Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh, bila bayi mendadak rewel tidak biasanya Anda harus jeli apa kira-kira yang dirasakan bayi Anda..

    Ciri bayi dan batita yang mendapat cukup waktu tidur adalah mudah tertidur malam hari, mudah terbangun pagi hari, tidak rewel, mudah diatur, dan tak memerlukan tidur siang yang melebihi kebutuhan sesuai dengan perkembangannya.

    Seiring dengan bertambah umur bayi maka akan semakin jarang tidur siang dan akan berpindah jam tidur ke malam hari..

    Bayi mungkin saja tidak terlihat lelah saat larut malam – sebaliknya bayi akan terlihat energik. Tetapi percayalah: Ada tanda-tanda tertentu yang akan diperlihatkannya jika ia melewati jam tidurnya. Anda juga dapat menentukan waktu tidur siangnya sama seperti menentukan waktu tidur malam.

    Belum terlambat, Anda dapat melatihnya membentuk pola tidur yang baik pada usia ini, dengan cara:
    o Menetapkan waktu tidur malam dan siang
    o Bentuklah rutinitas sebelum tidur

    Biarkan bayi Anda memutuskan waktu tidurnya sendiri. Caranya adalah, dengan meletakkannya di tempat tidur ketika ia mulai mengantuk, sekalipun matanya masih terbuka. Sebaiknya Anda tidak menggendong ketika ngantuk karena jika Anda melakukan hal ini sejak si kecil berusia dini, maka akan terbiasa..

    Perhatikan tanda-tanda yang ditujukkan bayi Anda ketika dia mengantuk. Misalnya, mengucek-ngucek mata, menarik telinga, atau terlihat bayangan gelap di bawah matanya. Jika Anda menangkap tanda-tanda seperti ini, atau tanda-tanda mengantuk lainnya, tidurkanlah si kecil segera.. ;-)

  151. eni rohaeni February 10, 2010 at 5:31 am #

    ass. mf mau tanya gimana caranya supaya bayi 7 bulan ketika siang supaya tidur nyenyak gmn? cz anaku klw siang tudurnya kurang nyenyak sebentar2 bangun…. trimakasih.

  152. bunda kiandra January 15, 2010 at 7:16 am #

    mau tny jg,bayi saya berumur 1 bln. skrg klo mau tidur hrs digendong dulu dan klo ditidurkan di ranjang atau box nya pasti nangis. saya sudah cb tips yg disarankan tipsbayi untuk tdk melakukan kebiasaan tsb tp bayi saya menangis terus akhirnya digendong lg deh. Apa yg hrs sy lakukan agar kebiasaan tsb hilang?? thx….

  153. mama Yafi January 12, 2010 at 6:18 am #

    mau tanya…anak saya umur 18 bulan tapi sangat susah ditidurkan, siang tidur cuma 1 kali sekitar 2 jam, malam jam 12 sampai jam 2 baru tidur … padahal kami sudah mematikan lampu semua dengan harapan dia mau tidur, ternyata tidak … malah main sendiri diranjang, bagaimana ya supaya jadwal tidur malamnya teratur,…makasih

  154. tipsbayi January 4, 2010 at 3:23 am #

    mama ghiffari:

    Nangis adalah satu-satunya cara bayi Anda berkomunikasi untuk menyampaikan apa yang dirasanya tidak enak, bisa kaget, lapar, haus, gerah atau bahkan sakit.., maka Anda perlu mencari tahu apa penyebab bayi Anda menangis..

    Berikan terus ASI sering.. bukan lama.. ASI itu kan tergantung dengan mindset kita. Kalo di pikiran Anda ditanamkan pesan bahwa “ASI saya pasti cukup buat bayi saya!”, itulah yg akan terjadi.. sebaliknya dalam benak kita terus menerus ada kekuatiran, “Duh, ASI saya sedikit banget, kayanya ngga cukup deh..” ya itu pula yg akan terjadi.. ;-)

    ASI itu hukumnya supply dan demand. semakin banyak disusui dan dipompa akan
    semakin banyak berproduksi..

    Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh, pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

  155. mama ghiffari December 29, 2009 at 6:02 pm #

    hi,
    Mau tanya anakku skrg 4mgg, bbrp hr tkhr ini susah sekali ditdrkan, bbl 3630 plg dr rs 3300, pd usia 3mgg brtnya 3,8kg apakah krn asi sy tdk cukup? Krn akhir2 ini susah tdr dan pgnnya nenen trs, klo siang tkadang msh bs diajak main, tp klo mlm rewel pgnnya nenen trs n klo ga dikasih nangis meraung2.

  156. tipsbayi December 16, 2009 at 3:46 am #

    kania:

    Mengajarkan bertoilet (toilet training) memerlukan beberapa tahapan:

    a. Mulailah dengan membiasakan anak masuk ke dalam WC. Latih si kecil untuk duduk atau jongkok di toilet meski dengan pakaian lengkap. Saat si kecil sedang membiasakan diri di toilet, Anda dapat menjelaskan kegunaan toilet. Nah, agar si kecil tidak takut di toilet, Anda dapat menemaninya sambil menenangkan dengan mengajaknya berbicara..

    b. Lakukan secara rutin pada si kecil ketika terlihat ingin buang air.
    Sejak si kecil terbiasa dengan toiletnya, ajaklah ia untuk menggunakannya. Biarkan ia duduk di toilet pada waktu-waktu tertentu setiap hari, terutama 20 menit setelah bangun tidur dan seusai makan. Bila pada waktu-waktu itu, si kecil sudah duduk di toilet namun tidak ingin buang air, ajak ia segera keluar dari toilet. Bila sekali-sekali ia mengompol, itu merupakan hal yang normal. Anda juga tak perlu khawatir dan memaksanya bila si kecil kadang-kadang mogok dan tak mau ke toilet.

    c. Pujilah bila ia berhasil, meskipun kemajuannya tidak secepat yang Anda inginkan. Bila si anak mengalami kecelakaan segera bersihkan dan jangan menyalahkannya. Jadilah model yang baik, agar si kecil lebih mudah mengerti. Contohkan padanya bagaimana menggunakan toilet sehari-hari.. ;-)

  157. kania December 15, 2009 at 6:52 am #

    mo tanya dong…. anak saya 2 th tapi saya heran sampai sekarang kl pipis selalu ngompol di celana, padahal udah saya bilang berulang kali ” kl mo pipis buka dulu celananya” dengan nada pelan. gimana dong cara ngasih taunya agar anak mengerti?
    t ips bagusnya saya tunggu. thx yaw…

  158. tipsbayi December 7, 2009 at 3:46 am #

    yelny:

    Panjang bayi Anda ideal, beratnya termasuk lebih dari ideal (gemuk dikit) sehat dan NORMAL.. Selepas ASI eksklusif pertahankan pemberian ASI sampai bayi usia 2 atau 2,5 tahun..

    Tidurnya cukup.. Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh, pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

    Ciri bayi dan batita yang mendapat cukup waktu tidur adalah mudah tertidur malam hari, mudah terbangun pagi hari, tidak rewel, mudah diatur, dan tak memerlukan tidur siang yang melebihi kebutuhan sesuai dengan perkembangannya.

    Durasi minum susu 2 jam sekali sepanjang tidur itu NORMAL. Pemberian makan 1 jam sebelum tidur tidak apa-apa..

    Kalau melihat perkembangan bayi Anda, sepertinya bayi Anda sehat dan sepertinya makannya cukup.. Hanya saja perlu diperhatikan tekstur dan porsi perlu diberikan dan ditingkatkan dengan bertahap.. Mungkin kebiasaan saja bayi Anda membuka mulutnya sempit.. ;-)

    Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

    * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

    * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

    * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

    * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda.. :-)

    * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya ..

  159. yelny December 5, 2009 at 7:18 am #

    mau tanya dong.. bayi saya 9 bulan, BB 10kg, panjang 71cm. apakah normal? selama ini ASI eksklusif sampai 6 bulan. kemudian MPASI setelah 6 bulan dan tetap masih ASI samapai sekarang.
    pola tidurnya 2x tidur siang (biasanya jam 10-11, kemudian jam 2-4). kalau malam mulai tidur sekitar 8.30-9.30…. tapi sampai pagi, masih sering bangun untuk menyusui tiap 2 jam sekali. apakah wajar? padahal makan malamnya jam 7 lho. sebelum tidur aku kasih ASI dulu.
    kok ada yg bisa tidur semalaman?
    oh iya.. aku baca komentar di atas, bisa member makan 1 jam sebelum tidur, apakah nanti ga jadi kebiasaan?
    tips bayi… 1 pertanyaan lagi ya.. hehehe.. borongan neh..
    bayiku kalau makan, mulutnya ga dibuka besar. bukanya kecil, jadinya makanan yg masuk sedikit2. porsi makannya juga ga banyak (2sdm beras + lauk pauk untuk 2x makan). tapi kalau di kasih air… wah.. mulutnya dibuka lebar. gimana caranya ya, biar lebih doyan makan? (menunya diganti tiap hari lho)

    thx ya..

  160. tipsbayi November 30, 2009 at 3:19 am #

    mama faiz:

    Untuk anak 4 tahun sudah sama pola BAB nya dengan orang dewasa. Pola makan sangat mempengaruhi BAB, maka perbaikilah pola makan keponakan Anda dengan memperbanyak makan makanan kaya serat seperti sayuran dan buah seperti pepaya ini sangat membantu sekali terhadap kelancaran BAB. Kami tidak tahu sudah berapa kali gangguan BAB ini apakah sering terjadi..?

    Bisa saja Anda memberikan obat yang dimasukan melalui anus akan tetapi sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan DSA..

  161. tipsbayi November 30, 2009 at 3:06 am #

    Monica:

    Kalau masih di bawah 3 bulan memang frekuensi terjaga malam akan lebih sering, memang itu adalah kebiasaan yang normal.., setiap 2 jam itu jarak yang bagus, lambung bayi memang masih sangat kecil maka akan cepat penuh dan cepat lapar kembali, maka bayi akan sering minta susu dan bangun malam, aktifitas seperti ini akan terus berlanjut sampai kira-kira umur 3 bulan.

    Ciri bayi dan batita yang mendapat cukup waktu tidur adalah mudah tertidur malam hari, mudah terbangun pagi hari, tidak rewel, mudah diatur, dan tak memerlukan tidur siang yang melebihi kebutuhan sesuai dengan perkembangannya.

    Seiring dengan bertambah umur bayi maka akan semakin jarang tidur siang dan akan berpindah jam tidur ke malam hari, memang masih lebih dipengaruhi oleh rasa lapar dan kenyang bayi.. :-)

  162. mama faiz November 28, 2009 at 1:25 pm #

    dear tipsbayi.. keponakan saya (usianya 4 th)susah BAB (buang air besar), dia biasanya BAB setiap 8 hari sekali dan itupun harus dicolok dulu dengan sabun. sudah ke DSA dan hanya diberi obat kembung dan obat pencahar, tp tetap saja tidak bisa BAB. ada saran atau solusinya ngga..?? trims.

  163. Monica November 28, 2009 at 6:05 am #

    Mau tanya dong….
    Bayi saya umur 7 minggu, ASI eksklusif, selama seminggu ini ‘never ending nenen’. Tiap 1-2 jam minta nenen mulu. Sampe2 kalo siang palingan dia bobo cuman 3 jam. Kalo malem dia bisa bobo 2 x 4-5 jam.
    Gimana yah, takut dia kurang bobo nih. Apa dia kurang kenyang yah kok minta nenen ga berhenti2 dan ga mau bobo.

    Tolong dong butuh inputan nih. Thx.

  164. tipsbayi November 28, 2009 at 3:48 am #

    papa atqa:

    Atqa usianya baru 1 bulan ya.., memang termasuk gemuk juga sih.. Idealnya itu untuk berat bayi usia 2 bulan.. Ideal BB 1 bulan 4,3 kg TB 55 cm, 2 bulan BB 5,0 kg TB 58 cm

    ASI saja BAGUS… Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun atau 2,5 tahun..

    Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya. Padahal dengan memberikan ASI, kesehatan dan kecerdasan sang bayi pun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

    Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

    Jadi pilih ASI atau sufor…? :-)

    Mamanya sering makan sayuran itu bagus.., untuk masalah sembelit sebaiknya Anda membaca artikel terkait di:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/bayi-sembelit-susah-buang-air-besar-pada-bayi

  165. papa atqa November 26, 2009 at 8:49 am #

    buat tips bayi..atqa skrg usianya 1 bln lbh 5 hari..BB awal 3.5 kg dan skrg beratnya udah 5 Kg.., sbenarnya normal gk ya pertambahan berat segitu?? ada info ttg pertambahan BB yg normal gk ya?? oia, atqa minumnya cuma ASI tanpa tambahan apapun.
    Terus, untuk masalah sembelit, apa bayi bisa sembelit? coz, udah 3 hari ini atqa belum BAB, apa ini normal??atau ada pengaruh dgn mamanya yg sering makan sayuran, jadi kelebihan serat?? mohon penjelasannya

  166. tipsbayi November 26, 2009 at 3:27 am #

    mamanya ‘Aqila:

    Memang benar DIARE adalah reaksi alami ketika ada “benda asing” yang masuk ke tubuh. Ketika ada racun menerobos ke dalam tubuh, otomatis ada respons dari tubuh. Nah, aksi yang muncul adalah mengeluarkan racun tersebut dengan cara BAB yang sering kali harus berkali-kali. Jadi diare sebenarnya adalah mekanisme pertahanan tubuh juga.

    Diare dengan atau tanpa muntah hanyalah gejala, bukan penyakit. Karena itu, yang terpenting adalah mencari penyebabnya.

    Penyebab utama diare adalah infeksi virus, maka obatnya adalah cairan rehidrasi oral (oralit) dan air susu ibu (ASI) untuk mencegah dehidrasi. Ingat ASI sekali lagi ASI saja.. :-)

    Hati-hati dalam memberikan obat-obatan kepada bayi Anda, kalau memang perlu harus sesuai petunjuk dokter.. ;-)

  167. mamanya 'Aqila November 24, 2009 at 6:52 am #

    buat tips baby mau tanya dong, sebenarnya untuk balita 1 th jika saat terserang diare apakah perlu di berikan LctoB atau Probi dalam masa penyembuhannnya? karena dari 2 artikel yang saya baca masing2 artikel berbeda pendapat, untuk yang pertama katanya pembirian LactoB atu Probi tidak di perlukan karena diare akan sembuh dengan sendirinya, sedangkan di artikel 1 nya menganjurkan unutk di berikan LactoB atau Probi untuk membunuh bakteri jahat, mengingat kmrn anaknya sewaktu pulang dr rawat inap di RS dokter memberikan Probi untuk di minum, mohan untuk sarannya, thx

  168. kania November 23, 2009 at 3:19 am #

    bagus bgt tips nya itu buat tambahan saya dalam mengurus anak, selain tips itu saya juga akan tetap menjalankan tips yang sudah saya pake selama setahun ini yaitu beberapa saat anak baru tidur saya selalu membisikan kata-kata”tidur yang nyenyak dan nyaman ya”.

  169. mommy Filbert October 20, 2009 at 11:18 pm #

    anaku 2 bulan menderita CTEV, sehingga untuk memperbaiki posisi kaki, dipakai sepatu khusus. Filbert ini suka sekali tidur miring, bisa bobo nyenyak berjam-jam, hanya saja krn pemakaian sepatu tsb, dia hanya bisa tidur telentang. akibatnya sekarang siang dia susah tidur kalau ga digendong. jam 7 mlm dia br bisa bobo di kasur, tapi cm tidur REM, di atas jam 2 pagi udah ga bisa tidur di kausr dengan nyenyak, karena kasihan kurang tidur pulas, dia saya bobo kan dalam gendongan saat pagi. burukkah kebiasaan tsb mengingat kondisi kakinya yang tidak memungkinkan dia tidur miring?

  170. tipsbayi September 8, 2009 at 4:46 am #

    martua :

    Bayi Anda bangun malam minta susu itu normal kok.., kami sarankan apabila sudah dekat jam tidur bayi Anda, Anda jangan terlalu banyak mengajak bayi Anda bermain, sebaiknya Anda berikan jadwal makan atau menyusu untuk bayi Anda satu jam sebelum jam tidurnya.., agar saat bayi Anda tidur tidak banyak terganggu dengan rasa lapar atau haus.. :-)

  171. junita apriani September 7, 2009 at 9:40 am #

    thanks imformasinya…
    anakku jalan 10 bulan tapi kalo tidur dimalam hari kok dia masih minta susu tiap 2 jam apakah itu normal sekali bikin susu formula saya beri 120ml dimalam hari.jadi anakku kayaknya gak pernah tidur nyenyak,karena dia selalu terbangun gulang guling samapi setengah jam baru tidu tapi 2 jam kemudina gulang guling lagi,apakah karena sebelum tidur dia kecapaian. karena biasanya aku tidurkan satria setelah dia capai bermain.aku khawatir banget tolong saran dari tips untuk kesehatan bayi

  172. martua September 7, 2009 at 9:39 am #

    thanks imformasinya…
    anakku jalan 10 bulan tapi kalo tidur dimalam hari kok dia masih minta susu tiap 2 jam apakah itu normal sekali bikin susu formula saya beri 120ml dimalam hari.jadi anakku kayaknya gak pernah tidur nyenyak,karena dia selalu terbangun gulang guling samapi setengah jam baru tidu tapi 2 jam kemudina gulang guling lagi,apakah karena sebelum tidur dia kecapaian. karena biasanya aku tidurkan satria setelah dia capai bermain.aku khawatir banget tolong saran dari tips untuk kesehatan bayi

  173. tipsbayi August 27, 2009 at 4:09 am #

    lina :

    Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh, bila bayi mendadak rewel tidak biasanya Anda harus jeli apa kira-kira yang dirasakan bayi Anda..

    Saran.., bentuk kebiasaan pada bayi Anda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya ketika bangun, disusui atau ditenangkan dengan bisikan akan membentuk pola tidur bayi Anda yang bagus..hindari menggendong bayi Anda atau membiasakan dengan ayunan ketika terbangun ini akan menjadi kebiasaan yang kurang baik.., beri makan atau susui ketika hampir masuk jam tidur, redupkan cahaya lampu ketika masuk jam tidur, jauhkan dari kebisingan..ini akan membantu lelapnya tidur bayi Anda.. :-)

  174. lina August 26, 2009 at 7:11 am #

    Dear tipsbayi,

    Bayi saya 11 bulan, tidur siang sekitar 2 jam dengan satu kali tidur siang. Kemudian sekitar jam 1/2 7-1/2 8 sudah mulai tidur, terus bablas sampai jam 5 pagi, tentunya dengan beberapa kali bangun di malam hari (3-4 kali) untuk menyusui ASI.

    Namun, beberapa hari terakhir ini, bayi saya tidurnya tidak nyenyak. Sekitar pukul 01.00 mlm dia akan terbangun, saya susui dia namun dia tidak langsung tidur lagi. Untuk membuatnya tidur lagi saya taruh dia di ayunan, namun sepanjang mlm kalau ayunannya tdk saya ayun dia akan menangis dan bangun. Apa boleh buat, saya dan suami harus bergantian mengayunnya sampai jam 1/2 4 pagi.

    Rutinitas baru ini membuat saya dan suami sangat kewalahan, apalagi skg bulan puasa. Dan mengganggu aktivitas puasa saya (karena saya tertidur, tdk sempat sahur dan saya jadi tdk puasa).

    Mohon sarannya, apa yang harus saya lakukan untuk membuat pola tidur bayi saya kembali seperti biasa.

    Salam,
    Lina

  175. fitri indriany August 21, 2009 at 1:39 pm #

    buat tips bayi makasih jawabannya,jawabannya tlah meruntuhkan tembok stresku.thx alot

  176. tipsbayi August 21, 2009 at 4:00 am #

    donny :

    Mungkin saja penyebab suara ngoroknya adalah cairan tersebut.., tetapi coba juga posisi tidur bomo dirubah.., coba tidur agak miring atau tidak diberikan bantal.. :-)

    Apabila masih tetap saja suara ngoroknya ada, bisa anda periksakan bimo pada DSA untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih akurat apa penyebab ngoroknya..

  177. tipsbayi August 21, 2009 at 3:53 am #

    fitri indriany :

    Maaf baru jijawab..

    Benar.., kemungkinan satria terlalu banyak bermain, apalagi bila bermainnya menjelang waktu tidurnya, ini akan terbawa pada memorinya disaat tidur.., dan menyebabkan tidurnya lasak..

    Karena aktif juga maka satria memerlukan minum banyak, wajar bila satria setiap 2 jam bangun untuk minta susu.. :-)

    Solusinya.., Anda lebih tahu jadwal tidur satria, maka satu atau setengah jam sebelum satria tidur jangan dibawa bermain tetapi berikan satria makan atau minum susu, setelah itu bawalah satria ke suasana yang lebih tenang agar tertidur dengan sendirinya..

  178. donny August 18, 2009 at 5:03 pm #

    anaku bomo umurnya 28 agustus nanti genap 3 bulan sekarang dia punya masalah dengan tidur nya, nafas nya klo sedang tidur suka susah malah mengeluarkan suara seperti suara orang dewasa yg ‘ngorok’ hidung nya tidak mengeluarkan cairan malah sampai disedot pun nggak ada apa2 tapi kadang klo lg tengkurep suka keluar cairan, apa ya solusinya..? thank

  179. fitri indriany August 16, 2009 at 3:10 am #

    anakku satria mau satu tahun tapi kalo tidur dimalam hari kok dia masih minta susu tiap 2 jam apakah itu normal sekali bikin susu formula saya beri 90ml dimalam hari.jadi anakku kayaknya gak pernah tidur nyenyak,karena dia selalu terbangun gulang guling samapi setengah jam baru tidu tapi 2 jam kemudina gulang guling lagi,apakah karena sebelum tidur dia kecapaian. karena biasanya aku tidurkan satria setelah dia capai bermain.aku khawatir banget tolong saran dari tips bayi yang pinter banget.thx

  180. tipsbayi August 14, 2009 at 2:48 am #

    Kei Delilah’s mom :

    Ya.. benar itu banyak sekali terjadi, sekali lagi itu karena “kebiasaan”.. :-) Jadi untuk merubah kebiasaan bayi Anda yang sudah “biasa” harus dengan “dibiasakan” kembali kebiasaan yang baru.. ;-) Wah judulnya jadi “kebiasaan”….

    Jadi untuk menumbuhkan kebiasaan yang baru yang lebih baik, itu tidak bisa langsung.., kita tidak bisa merubah kebiasaan yang biasa dilakukan misal selama dua bulan, dirubah dengan kebiasaan yang baru dikenalin dua hari.., maka intinya adalah ketelatenan dan kesabaran kita untuk membimbing bayi kita mendapatkan “kebiasaan” yang baru..

    Anda bisa sedikit-sedikit dirubah kebiasaan menidurkan bayi Anda dengan cara, cari tahu jam berapa biasa bayi Anda mengantuk, kenali tanda-tanda mengantuk pada bayi Anda misal mengucek-ngucek mata atau mulai rewel, lalu bawa bayi Anda ke tempt tidur, redupkan cahaya ruangan, jauhkan dari kebisingan, ciptakan suasana yang nyaman untuk bayi Anda agar tertidur.., yakin deh Anda pun akan terbawa terlelap..

    Semoga berhasil…

  181. Kei Delilah's mom August 13, 2009 at 11:56 am #

    Gmn y crnya ngrubah kbiasaan bayi yg bu2x hrs dgendong dl? Sy sdh cb bbrp kali mnidurkn di kasur tnp dgendong, tp dia g tdr2 malah guling2 ksanakemari sambil nangis akhirx mrh,buntut2x y gendong lg deh. Ada tips g? Dsmping itu sy kwtr kl nangis tlalu lm sy biarkn gt dia jd pny ‘pngalaman negatif’ (spt yg djlskn di e-book..) help!

  182. mamanya 'Aqila August 12, 2009 at 9:53 am #

    buat tipsbayi sarannya oke2 banget se, siapa se ko bisa ampe sepintar, sekali2 boleh menampilkan profile nya, biar qt semua ngga pada penasaran, di tunggu ya untuk saran2 berikutnya :)

  183. tipsbayi August 12, 2009 at 3:54 am #

    mamanya ‘Aqila :

    Seiring dengan waktu.. pola tidur Aqila akan terbentuk menjadi lebih teratur.., Aqila akan lebih terbiasa dengan jam tidur malam.. siang akan berkurang sedikit demi sedikit jam tidurnya.., setelah itu kebiasaan-kebiasaan yang lainnya akan ikut berubah juga.. :-) Asal Anda telaten dan sabar saja membimbingnya… ;-)

  184. tipsbayi August 12, 2009 at 3:41 am #

    Kei Delilah’s mom :

    Hmm… siapa ya.. :-)

  185. mamanya 'Aqila August 11, 2009 at 2:37 am #

    buat tipsbayi makasih banget atasinfo dan sarannya ya, memang se kebisaan saya kl ‘Aqila nangis terkadang suka saya gendong, dan itu memmbuat dia langsung terhenti dari menangisnya, terkadang saya gendong dia sambil membuatkan susu untuknya sambil ngajak bicara ‘Aqila tentang cara membuat susu untuknya, mungkin saran yang lain yang telah di berikan di atas akan saya coba, misalnya mengusap kepalanya, oh iya biasanya kebiasaan itu akan berlangsung sampai ‘Aqila berusia berapa bulan ya ( saat ini Aqila memasuki usia 9 bulan ).

    terima kasih sebelumnya

  186. Kei Delilah's mom August 10, 2009 at 11:20 am #

    Siapa sih org2 dibalik tipsbayi ini kok pinter bgt, sp.Pedo-kah? Ato mgk dr pngalaman krn pny anak buanyak.. Jd pgn tau deh, pnasaran.. :)

  187. tipsbayi August 7, 2009 at 3:45 am #

    mamanya ‘Aqila :

    Nangis adalah satu-satunya cara bayi Anda untuk mengungkapkan perasaan yang dirasa oleh bayi Anda, nangis bisa karena lapar, haus, basah, kegerahan atau bayi Anda merasakan sakit pada bagian tubuhnya..

    Tetapi ada kemungkinan bila bayi Anda menangis dalam keadaan mata terpejam adalah nangis ngigau.., biasanya kebiasaan disiangharinya entah kesal atau apapun memang terekam oleh setiap bayi.. :-) dan itu adalah KEBIASAAN yang setiap bayi memang mempunyai kebiasaan yang berbeda berbeda..

    Saran.., bentuk kebiasaan pada bayi Anda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya ketika bangun, diberikan susu atau ditenangkan dengan bisikan akan membentuk pola tidur bayi Anda yang bagus..hindari menggendong bayi Anda ketika terbangun ini akan menjadi kebiasaan yang kurang baik.., redupkan cahaya lampu ketika masuk jam tidur, jauhkan dari kebisingan..ini akan membantu lelapnya tidur bayi Anda..

  188. mamanya 'Aqila August 6, 2009 at 8:20 am #

    thx ya atas info
    aqila saat ini usia mau 9 bulan ( BB 10 kg) dari usia 8 bulan dia punya kebiasaan kl tidur malam tau2 menangis sambil kesel2 tapi dia lakukan itu ketika mata msh tertutup, terkadang kl matanya udah terbuka nangisnya berhenti, biasanya kl aqila terbangun dan menangis saya suka beri dia susu ( kebetulan minum sufor ) setelah susunya di minum nangisnya langsung berhenti, sampe2 sekarang kl malam saya dan suami mesti pasang alarm tiap 3 jam untuk bikin susu buat dia, biar ngga nangis, apa mungkin dia menangis akibat haus ya, Aqila kl minum susu dr dia tdr sampe bangun bisa 3 X minum ( @ 130 cc )

    ada yang punya saran ngga untuk mengatasi masalah ini, mohon atas infonya

  189. tipsbayi August 6, 2009 at 3:58 am #

    joseph :

    Bayi seumuran itu memang belum menemukan pola tidur yang tetap, tetapi dengan sendirinya akan terbentuk pola tidur yang baik dan tetap asal kita senantiasa membiasakan dan ikut mengatur pola tidur bayi, kebutuhan tidur bayi umur 2 bulan atau 3 bulan adalah sekitar 15 jam setiap harinya, seiring dengan waktu akan berkurang intensitas tudur siangnya berganti dengan tidur malam..

    Tetap kebanyakan pendapat para dokter dan ahli bahwa yang terbaik adalah ASI ekslusif, kecuali memang karena sesuatu hal sang ibu tidak bisa memberikan ASI maka dokter biasanya menganjurkan dengan ditambah dengan formula..

    Kalau alasannya ASI kurang maka dengan seringnya kita berikan ASI kepada bayi secara alami akan lebih meransang produktifitas ASI, sehingga ASI bisa berlimpah lho.. :-)

  190. ardinaaa August 5, 2009 at 4:08 am #

    thanks banget wat tips nya…
    coz kalo malam si kecil susah banget tidurny..
    samp aq dan suami bingung banget!!
    bentar2 bangun: krn lapr, ngompol, ato …
    tp sekarang dah nggak tuch…
    sekali lagi thanks banget yach

  191. joseph July 4, 2009 at 7:16 am #

    dear tips bayi :

    anak saya sekarang berumur 1bulan, 3minggu. Belakangan ini dia susah sekali tidur, seringnya menangis. Tapi waktu dicek (dipancing dengan jari) dia tidak mau menyusu, takutnya lapar ternyata tidak. Padahal kalo lapar segera diberi asi.
    Tapi kalu digendong dia mau diam dan tidur (walapun kurang nyenyak). Kalau kondisinya seperti itu, di malam hari dia terkadang susah tidur.
    Membaca akibat kurang tidur saya jadi kuatir.sebetulnya untuk seusia itu berapa jam waktu tidurnya (dihitung dalam 24jam)…

    Dokter saya menyarankan anak saya untuk susunya dicanpur formula karena beratnya kurang… (lahir 3,3kg pada usia 1bulan 3,5kg, sekarang kurang lebih 4kg). Apa saran tips bayi apa benar harus dicampur formula? dan apakah perkembangan berat badan padaangka itu masih normal? thx

  192. tipsbayi June 19, 2009 at 3:23 pm #

    @trias:

    Usahakan untuk selalu terawasi… walaupun tidak ditemani atau “ditempel” terus menerus. Pastikan juga tempatnya bermain aman dari benda-benda yang bisa membahayakan keselamatannya.

  193. trias June 19, 2009 at 3:14 am #

    Klo bayi sedang terjaga di siang hari apakah harus selalu ditemani? Tb4

  194. Nayna June 5, 2009 at 4:56 pm #

    wah bayi ku paling susah banget bobonya…..
    thanks ya atas infonya

  195. tipsbayi June 5, 2009 at 2:46 am #

    yanti :

    Bayi Anda cukup sehat.., biasanya bila bayi Anda haus atau lapar akan bangun dan nangis.. ;-)

    Sampai usia 3-4 bulan, Anda bisa berikan ASI kepada bayi Anda tiap 2 atau 3 jam. Tapi penjadwalan ini hendaknya tak bersifat kaku. Jika sebelum tiba waktunya minum susu, si kecil sudah menangis karena lapar, Anda dapat saja menyusuinya. Hanya perlu diingat, bayi menangis tak selalu berarti lapar. Jika Anda sudah mencoba berbagai usaha untuk menenangkannya dan ia masih tetap menangis, boleh jadi ia memang benar-benar lapar.

  196. yanti June 4, 2009 at 3:48 am #

    bayi sy berumur 3 bln menyusu setiap mlm jam 19.00, jam 02.00 pagi dan 06.00 pagi apakah itu tidak apa2..? tidak akan kekurangan ASI dan kehausan? beratnya skrg 5.3 kg

  197. tipsbayi June 4, 2009 at 3:41 am #

    trias :

    Normal saja hanya kebiasaan yang kurang bagus.. ;-)

    Biarkan bayi Anda memutuskan waktu tidurnya sendiri. Caranya adalah, dengan meletakkannya di tempat tidur ketika ia mulai mengantuk, sekalipun matanya masih terbuka. Sebaiknya Anda tidak menggendong ketika ngantuk karena jika Anda melakukan hal ini sejak si kecil berusia dini, maka akan terbiasa..

    Perhatikan tanda-tanda yang ditujukkan bayi Anda ketika dia mengantuk. Misalnya, mengucek-ngucek mata, menarik telinga, atau terlihat bayangan gelap di bawah matanya. Jika Anda menangkap tanda-tanda seperti ini, atau tanda-tanda mengantuk lainnya, tidurkanlah si kecil segera..

  198. trias June 3, 2009 at 8:16 am #

    Dear TipsBayi, mau nanya nih: bayi saya akhir2 ini apabila tidur siang selalu nyenyak jika dalam gendongan tapi setelah diletakkan beberapa menit dia langsung terkejut dan akhirnya terbangun, begitu seterusnya, hingga saya kecapekan gendong terus. Mohon info solusinya. Apakah seperti itu normal? Mksh

  199. tipsbayi June 2, 2009 at 4:40 am #

    umi ayya :

    Nangis bisa pertanda lapar, haus, gerah, capek, ngantuk atau perasaan lainnya .., inilah cara bayi melampiaskan perasaannya.. ;-)

    Memang tidur akan mempengaruhi perkembangannya, Anda sebaiknya mulai menentukan waktu tidur malam dan siangnya pada jam yang sama, sebagai pembentuk pola tidurnya. Jam tidur yang baik bagi bayi adalah antara 19.00 – 20.30; lebih larut dari waktu tersebut, biasanya si kecil akan kelelahan, dan sulit tidur.

    Bayi mungkin saja tidak terlihat lelah saat larut malam – sebaliknya bayi akan terlihat energik. Tetapi percayalah: Ada tanda-tanda tertentu yang akan diperlihatkannya jika ia melewati jam tidurnya. Anda juga dapat menentukan waktu tidur siangnya sama seperti menentukan waktu tidur malam.

    Nangis bisa pertanda lapar, haus, gerah, capek, ngantuk atau perasaan lainnya .., inilah cara bayi melampiaskan perasaannya.. ;-)

  200. umi ayya June 2, 2009 at 1:28 am #

    baby saya (3bl), mempunyai kebiasaan aneh jk mau tidur malam. Dimulai dengan menangis, lalu menyusu asi setelah itu becanda lalu menangis lagi, begitu terus sampai 3 jam dan harus selalu dalam gendongan sy, tangisannya semakin lama semakin keras, sepertinya baby sy takut tidur, jd dilawan rasa ngantuknya. Apakah pola tidur yang seperti ini wajar?sy takut pola tidur yg seperti ini akan mempengaruhi perkembangannya, perlukah sy bawa baby sy ke psikiater anak?

  201. tipsbayi May 26, 2009 at 3:02 am #

    nanny :

    Tidak apa-apa Anda memberikan makan 1 jam sebelum tidur, bentuk pola tidur yang bagus, Ingat: waktu tidur yang konsisten membantu anak membentuk pola tidur.

  202. nanny May 25, 2009 at 4:18 am #

    anak saya tiga hari lagi berusia 7 bulan,sebelumnya anak saya susah sekali untuk tidur nyeyak tiap malam tapi setelah saya cari tau ternyata dia lapar walaupun dia sudah minum ASI.Setelah itu sebelum tidur saya dan suami selalu memberinya makan.Yang ingin saya tanyakan apakah aman dan sehat memberikan makan kepada bayi sebelum tidur??
    Adakah cream kulit untuk melindungi kulit bayi yang tergolong sensitif/kulit kentang ??

  203. tipsbayi May 16, 2009 at 4:14 am #

    Fitra :

    Kebanyakan bayi yang lahir sakit dalam arti dirawat di RS karena lahir prematur, minumnya pakai selang atau masih pakai bantuan mesin pernapasan, tidurnya diposisikan tengkurap atau miring, posisi kepala yang agak lebih tinggi juga membantu dalam hal gravitasinya.

    Itulah mengapa, kalau bayi hendak dibawa pulang, pihak RS kerap menganjurkan agar bayi sering ditidurkan dalam posisi miring.

  204. fitra May 16, 2009 at 2:16 am #

    baby saya(3bln), tenggorokannya berlendir, kata dokter alergi turunan dari ortunya. Ini mengakibatkan baby saya tidak nyenyak tidur, saran dokter jika tidur di miringkan. Ada pengaruhnya ga ya dengan pertumbuhan paru2nya? karna jika dimiringkan otomatis dadanya terjepit.. tq

  205. tina April 24, 2009 at 8:12 am #

    thanks tips bayi… aku jadi tau apa yang harus kulakukan wat my baby

  206. naufalarsalan April 14, 2009 at 9:28 am #

    terimakasih atas apa yang telah di berikan pada saya tentang beberapa tips merawat bayi,semoga dengan email tersebut bermanfaat sepenuhnya.

  207. bunda Adly April 13, 2009 at 8:16 am #

    tks bgt info nya.. sangat bermanfaat sekali, apalagi baru jd bunda pertama kali… mesti banyak baca informasi spy g ketinggalan zaman… & anak kita jd anak yg sehat, kuat & cerdas
    love u all

  208. bunda deba April 2, 2009 at 3:56 am #

    tlg dong ksh tips yg lbh jitu lg agar putraku bs tdr nyenyak.
    sehari aja bs dhtg putraku cm tdr g’ lbh dr 10 jam.

  209. bunda deba April 2, 2009 at 3:52 am #

    tp knp smpe skrg putraku berusia 14bln blm jg bs tdr nyenyak?

  210. sofie March 30, 2009 at 8:52 am #

    Tips bayi bener-bener T. O. P sangat membantu sekali, palagi anak pertama-q menuntut aq selalu tau penanganan” yg cepat N tepat.

    Thx’s tips bayi.

  211. Lia Silviani March 25, 2009 at 9:05 am #

    WWWaahh….aku ucapin makasih banget ya karna adanta tips bayi aku tambah pengetahuan,aku tunggu solusi selanjutnya…sekali lagi makasi banget

  212. hari March 5, 2009 at 7:37 am #

    oke banget

  213. tipsbayi February 19, 2009 at 4:45 am #

    Silvia:
    Tentu saja setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda, karena selalu saja ada anak yang membutuhkan waktu tidur lebih banyak beberapa jam dibandingkan anak lain, atau justru kurang beberapa jam.

    Pola tidur bayi usia 3 – 6 bulan
    Saat ini Anda seharusnya tidak lagi terbangun malam hari setiap 2 – 3 jam. Ketika mencapai usia 3 atau 4 bulan, kebanyakan bayi tidur 15 jam sehari. 10 jam di malam hari dan sisanya terbagi atas 3 waktu tidur di siang hari (jumlah ini akan berkurang hingga 2 kali waktu tidur ketika si kecil berusia 1 tahun). Anda masih sekali atau dua kali terbangun pada malam hari untuk menyusui pada tahapan awal usia ini, tetapi ketika si kecil berusia 6 bulan, secara fisik ia sudah mampu tidur sepanjang malam. Bagaimana si kecil tidur sangat tergantung pada apa yang dipelajarinya tentang tidur dan polanya pada usia sebelumnya.

    Namun belum terlambat, Anda dapat melatihnya membentuk pola tidur yang baik pada usia ini, dengan cara:
    o Menetapkan waktu tidur malam dan siang
    o Bentuklah rutinitas sebelum tidur

    Ummi Azzam:
    Tidur nonREM terdiri dari 4 tahap, dimana setiap tahapnya mempunyai ciri tersendiri.

    Tahap 1. Tidur tahap I terjadi bila merasakan ngantuk dan mulai tertidur. Jika telepon berbunyi atau ada sesuatu sampai terbangun, sering kali tidak merasakan bahwa sebenarnya kita telah tertidur. Gelombang listrik otak memperlihatkan ‘gelombang alfa’dengan penurunan voltase. Tahap I ini berlangsung 30 detik sampai 5 menit pertama dari siklus tidur.

    Tahap 2. Selama tidur tahap dua, seluruh tubuh kita seperti berada pada tahap tidur yang
    lebih dalam. Tidur masih mudah dibangunkan, meskipun kita benar-benar berada dalam keadaan tidur. Gambaran EEG memperlihatkan gelombang berfrekuensi 14-18 siklus per detik, dan ini dinamakan gelombang tidur (sleep spindle). Periode tahap 2 berlangsung dari 10 sampai 40 menit. Kadang-kadang selama tahap tidur 2 seseorang dapat terbangun karena sentakan tiba-tiba dari ekstremitas tubuhnya. Ini normal. Kejadian sentakan ini, sebagai akibat masuknya tahapan REM.

    Tahap 3 dan 4. Tahap ini merupakan tahap tidur dalam. Pada tahap 3, Orang yang tertidur cukup pulas, rileks sekali karena tonus otot lenyap sama sekali, dan EEG memperlihatkan gelombang lambat delta (20-50%). Tahap 4 adalah tidur paling nyenyak, tanpa mimpi dan sulit dibangunkan, dan orang akan binggung bila terbangun langsung dari tahap ini, dan memerlukan waktu beberapa menit untuk meresponnya. EEG memperlihatkan dominasi gelombang delta (>50%) dan gelombang tidur (sleep spindle) sulit didapat. Orang yang tidur pada ke dua tahap ini, pola pernafasan dan denyut jantungnya teratur. Kadang-kadang pada bayi timbul keringat banyak. Setelah periode ini, suatu saat kembali ke tidur tahap 2 sebelum masuk ke periode tidur REM. Pada tahap ini, diproduksi hormon pertumbuhan guna memulihkan tubuh, memperbaiki sel, membangun otot dan jaringan pendukung. Perasaan enak dan segar setelah tidur nyenyak, setidak-tidaknya disebabkan karena hormon pertumbuhan bekerja baik.
    Tidur REM

    Tidur REM. Tahap tidur REM sangat berbeda dari tidur nonREM. Tidur REM adalah tahapan tidur yang sangat aktif. Pola nafas dan denyut jantung tak teratur dan tidak terjadi pembentukan keringat. Selama tahap tidur nonREM bola mata tidak bergerak secepat tahap tidur REM, oleh karena itu tahap tidur ini disebut tidur REM. Kadang-kadang timbul twitching pada tangan, kaki, atau muka, dan pada laki-laki dapat timbul ereksi pada periode tidur REM. Walaupun ada aktivitas demikian orang masih tidur lelap dan sulit untuk dibangunkan. Sebagian besar anggota gerak tetap lemah dan rileks. Tahap tidur ini diduga berperan dalam memulihkan pikiran, menjernihkan rasa kuatir dan daya ingat dan mempertahankan fungsi sel-sel otak.

  214. ummi Azzam February 18, 2009 at 9:23 am #

    Assalamu alaikum wr wb, trims buat commentnya, tapi sy jd punya pertanyaan lain, apa yg dimaksud tidur dalam dan tidur aktif?, apa ada pengaruhnya dengan tumbuh kembang bayi?

  215. silvia February 18, 2009 at 5:29 am #

    anak sy berumur 4 bln, dia tdr plg lama pada siang hari 2 jam kalo malam tidur dari jam 9 dan akan terbangun stelah hampir mau 3 jam krn lapar.. akan sering terbangun krna ingin tengkurep.. bagaimana cara mengatasinya y? apa ini sudah termasuk tidur nyenyak?

  216. retno February 18, 2009 at 3:18 am #

    tips ini sangat membantu saya untuk menidurkan sikecil. anak saya usianya 8 bln,akhir2 ini anak saya susah sekali tidur, maunya main trus.mgkn tips ini sangat membatu saya untuk menidurkan anak saya.trims ya.

  217. tipsbayi February 17, 2009 at 4:34 am #

    Ummi Azzam:
    Ciri bayi dan batita yang mendapat cukup waktu tidur adalah mudah tertidur malam hari, mudah terbangun pagi hari, tidak rewel, mudah diatur, dan tak memerlukan tidur siang yang melebihi kebutuhan sesuai dengan perkembangannya.

    Tidur berkualitas pada bayi dan batita bisa diperoleh jika mereka melewati dua tahapan tidur, yaitu tidur dalam atau tidur Non-REM (Non-Rapid Eye Movement) dan tidur aktif atau tidur REM.

    Seiring dengan bertambah umur bayi maka akan semakin jarang tidur siang dan akan berpindah jam tidur ke malam hari, memang masih lebih dipengaruhi oleh rasa lapar dan kenyang bayi.

  218. ummi Azzam February 16, 2009 at 7:59 am #

    tips bayi yg 1 ini bantu bgt, tp gimana ya dgn anak saya?, anak sy usianya 10 bulan, setiap hari dia tidur 2-3 kali di siang hari, malamnya, dia tidur mulai jam 7, dan akan bangun lagi sekitar 3-5 kali, hanya menyusu beberapa saat kemudian tidur lagi, apa itu tergolong tidak nyenyak?, padahal dia sudah saya beri makan sore, apa perlu di beri makan malam lagi?

  219. laura February 13, 2009 at 11:12 am #

    trims berat uei cui

  220. tipsbayi February 7, 2009 at 3:53 am #

    Gita:
    Pada wanita, infertilitas ini terutama disebabkan karena kelainan-kelainan pada organ reproduksinya, biasanya ditandai dengan siklus menstruasi yang tidak teratur atau adanya keluhan-keluhan lain seperti nyeri haid yang amat sangat, menstruasi yang sangat sedikit atau sangat banyak dan lain-lain.
    Penyebab lainnya adalah faktor kegemukan, merokok, obat-obatan, dan psikologi

    Kelainan dari pihak suami misalnya jumlah sperma yang kurang, jumlah sperma cukup namun banyak yang mati/cacat, sperma yang tidak mampu bergerak ataupun ejakulasi dini. Kelainan ini dapat disebabkan oleh berbagai hal di antaranya rokok, seorang laki-laki yang merokok spermanya cenderung lebih lambat bergerak akibat racun dari rokok. Selain itu suhu di sekitar testis atau kantung kemaluan yang tinggi (panas) akan mengakibatkan sperma banyak yang mati atau cacat. Hal ini sering terjadi misalnya celana yang terlalu ketat, penggunaan celana berbahan dasar tebal seperti jeans, posisi dalam pekerjaan sering duduk di atas benda yang panas, seperti mesin kendaraan (misalnya supir truk), di atas motor dan lain-lain.

    Sebaiknya Anda berdua memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter spesialis kebidanan atau dokter spesialis andrologi untuk mengetahui di mana letak kelainannya dan adakah cara untuk memperbaikinya. Semoga Anda dan pasangan cepat dikaruniai keturunan lagi.

  221. gita February 6, 2009 at 3:06 pm #

    terima kasih
    atas saran & informasinya sangat2 membantu tapi maaf anak saya bukan lg bayi tapi sudah umur 4,5 tahun, bisa nggak menolong saya bagaimana solusinya saya ingin menambah momongan tapi sampi sekarang belum juga hamil pada hal saya uda tidak KB selama 2 tahun.
    sekali lg terima kasih

  222. tipsbayi February 4, 2009 at 4:48 am #

    Bobhy:
    Volume lambung bayi sangat sempit sekali.., jadi gampang penuh dan cepat lapar lagi maka bila minum susunya kebanyakan akan keluar lagi (gumoh), solusinya susui setiap 2 jam sekali lalu sendawakan dengan cara gendong berdirikan dengan begini air susu akan turun ke lambung dan tidak akan gumoh, selama gumoh tidak masuk saluran pernafasan tidak apa-apa, cara menidurkan bayi yang sering gumoh bisa dengan cara miring agar bila bayi gumoh maka tidak akan masuk ke saluran pernafasan.

    Titin:
    Memang kulit bayi masih sensitif sekali, tapi jangan khawatir itu tidak akan membekas kok.., malah kalau kita salah-salah mengoleskan minyak gosok kasihan..kulitnya masih sensitif.., coba pakai kelambu biar tidak digigit nyamuk..

  223. titin February 4, 2009 at 4:19 am #

    thx banget.infonya sungguh bermanfaat.oh ya,sekarang bayiku berusia 2,5 bulan. kalau digigit nyamuk, bekasnya sangat susah hilang.bahkan bisa sampai satu bulan.padahal saya sudah lumuri minyak gosok.gimana ya solusinya.

  224. bobhy February 3, 2009 at 5:03 am #

    umur bayi saya 1 bulan trus kalo menyusi agak lama biasanya dimuntahkan. apa itu nda apa2?

  225. tipsbayi January 21, 2009 at 4:45 am #

    Bunda Najla:
    Berapa umur najla ya? kalau masih di bawah 3 bulan memang frekuensi terjaga malam akan lebih sering, tapi kalau memang lebih 3 bulan mungkin di siang hari najla terlalu banyak bermain, coba biasakan najla caranya dijadwal. Awalnya sih memang sulit, harus telaten..nanti najla lama kelamaan bisa mengikuti ritme yang sudah kita atur..

    Widya Eka Pratiwi,
    Memang itu adalah kebiasaan yang normal.., lambung bayi memang masih sangat kecil maka akan cepat penuh dan cepat lapar kembali, maka bayi akan sering minta susu dan bangun malam, aktifitas seperti ini akan terus berlanjut sampai kira-kira umur 3 bulan.

  226. Widya Eka Pratiwi January 20, 2009 at 4:51 am #

    Bayi saya hari lahir 22 Desember 2008, 2 hari lagi usianya genap 1 bulan,
    saya sudah menandai waktu bangunnya saat malam hari, setiap 1 sampai 1,5 jam sekali terbangun karena pipis dan minta diganti popoknya, lalu setelah diberi asi atau susu formula baru terlelap kembali, apa memang seperti itu siklus tidur bayi sampai kapan ya….

  227. bunda najla January 19, 2009 at 1:20 am #

    makasih banyak atas infonya yang sangat membantu. gimana ya caranya membuat agar si kecil cepat untuk tidur? apalagi najla susah banget diajak tidur, walaupun lampu kamar dimatikan n ayah bundanya pura2 tidur tetap aja dia maen sendiri.

  228. tipsbayi January 14, 2009 at 3:33 am #

    Khenia rafel:
    Memang kejadian traumatis itu bisa tersimpan di memori anak hingga akhirnya terbawa dalam mimpi. Solusinya selain berusaha membuat si kecil kembali tenang dan nyaman, ada beberapa hal lain yang perlu dicermati orangtua: Ajak bicara. Anak usia batita akhir biasanya mau menceritakan kejadian dalam mimpinya meskipun sepotong-sepotong. Tidak mengapa, yang penting ajak bicara dan bercerita tentang apa yang dialaminya agar ia tak tegang lagi. Beri penjelasan. Setelah si kecil menceritakan mimpi buruknya, jelaskan dengan bahasa yang bisa dimengertinya, bahwa mimpi itu bukan kenyataan.

    Dan biasakan anak Anda dibimbing berdo’a ketika beranjak tidur.

  229. khenia rafel January 12, 2009 at 5:17 am #

    trims atas infonya
    apakah tiba2 bangun dan mengamuk/ nangis dimalam hari dipengaruhi oleh pengalaman disiang hari?
    contohnya siang harinya dia jatuh/ dimarahi lalu malamnya terbawa mimpi nangis??
    apa da hub?

  230. bunda naura January 12, 2009 at 4:44 am #

    trmkash..insyaalloh sgt berguna bwt naura, soale aku lagi kepikiran terus soal susah tidurnya anakku..jd cemas ama tumbuh kembangnya..thanks tipsbayi.com

  231. eti January 12, 2009 at 1:31 am #

    ga ada komentar lain untuk tips bayi, benar – benar ok dan terima kasih……….

  232. sutandi December 30, 2008 at 1:29 pm #

    wahhh makasih banget atas anjuran2nya dan tipsnya berguna bgt bg aq yg baru jd ayah ……semoga tipsbayi sukses selalu amin

  233. dwity December 30, 2008 at 8:27 am #

    thx tuk tips bayi.. jadi tambah sayang deh…………..

  234. nick sharma December 17, 2008 at 6:09 am #

    Maaakasih banyak yach…jadi nambah ilmu nie..oyach, nasya juga punya kebiasaan (mungkin ini juga dialami yang lain) kalau dia terlalu banyak main di waktu siang hari maka bisa dipastikan tidurnya akan gelisah dan lebih malam dari biasanya. jadi saya selalu me WAJIBkan nasya untuk tidur siang…

  235. iskandar December 16, 2008 at 3:49 am #

    trims ya bos, atas infonya, anak aku velma kayaknya sering laper, jadi jadwalnya tetap, tiap jam 12 malam pasti gelisah, trus jam 4 juga begitu,kalo udah dikasih susu sebotol baru lanjut lagi tidurnya.

  236. Anonymous December 13, 2008 at 11:17 am #

    Thank’s kpd crew tipsbayi, dari artikel ini kami skeluarga dapat memetik ilmunya
    dari aguS attok di sungai duo

  237. tardiana December 13, 2008 at 9:25 am #

    tank banget tipsbayi…info-nya slalu uptdt

  238. yuana December 13, 2008 at 2:28 am #

    makasih tips bayi… , info dan tipsnya sangat berguna bagi kami. informasi selanjutnya dan selalu kami tunggu…………

  239. Arman December 13, 2008 at 1:43 am #

    Terima kasih atas tips bayinya yang sangat bermanfaat buat kami, apalgi tips bayi yang susas tidur karena anak saya pernah mengalami susah tidur semalaman gelisah gk bisa tidur, kami tidak tau apa penyebabnya padahal sebelum tidur sudah dikasih makan, kami berharap untuk info-info selanjutnya tentang cara2 mengatasi bayi rewel dan resep makanan bayi agar tetap sehat dan menjadi bayi yang pintar dan cerdas

  240. Yenny December 11, 2008 at 4:05 am #

    thanks banget buat tips bayi, banyak sekali hal baru yang bisa saya pelajari dari tips bayi. chayoo tips bayi !!!

  241. Novy Ernita December 11, 2008 at 1:39 am #

    Thank’s Tips Bayi artikelnya bermanfaat banget, aku jadi lebih banyak tau tentang problem bayi kalo susah tidur, makin the best dech dan di tunggu kelanjutan artikel2 yang bermanfaat lainnya

  242. azhari December 10, 2008 at 8:19 am #

    Wah bagus banget nih tips nya…
    Thanks ya buat tips bayi….mudah2an mulai ntar malam ga begadang lagi, tidur pulas, kerja jadi makin semangat…MANTABB

  243. anggryini December 10, 2008 at 1:36 am #

    tips bayi memang yahut! terus kasih info ya…smuanya sgt brguna bagi kami…
    pokoke sip tenan…

  244. theg4l man December 8, 2008 at 4:09 am #

    maksih atas info2 dari tipsbayi ,………..yg sangat membantu kami pokoknya udah banyak krna kami selaku orang tua muda bisa dg tenang tanpa waswas berkat tipsbayi maju trs n kami tunggu info2 yg baru …………….siipppp lahhhhhhhhhhh

  245. Anonymous December 6, 2008 at 1:49 pm #

    Thank’s buanget buat crew tips bayi,artikelnya amat the best…!

  246. yuni December 5, 2008 at 5:18 am #

    seneng……………………………..skli dengan tips bayi ni,walaupun bayiku masih terlalu dini tp bagiku banyak skali pengetahuan yg luas dr tips ni………..jgn lupa kirim tips ini sampai anaku dewasa makasi………

  247. dian yunita December 5, 2008 at 12:51 am #

    thanx bgt y artikelnya, bbrp hr lalu cheryl susah bobo krn flu,alhmdulillah sekarang dah ga lg.

  248. Achmad December 4, 2008 at 8:59 am #

    Mantabbbb…..
    Tips bayi makin OK bangetsss…
    Sangat berguna bagi kita demi masa depan buah hati…
    Thx banget, info.selanjutnya kami tunggu

  249. indri dw. December 4, 2008 at 5:58 am #

    ok tuh tipsnya mengenai bayi yang susah tidur, kalo bisa kasih tips mengenai asupan makanan apa saja yang baik utk kualitas asi dan makanan apa saja yg hrs dihindari.

    Aku tunggu ya …… sukses utj tips bayi

  250. dede December 4, 2008 at 5:06 am #

    Tq bgt y.. bwt smua tips nya..bnyk bngt manfaatnya..apalagi saya & suami saat ini sdng menanti kelahiran putra pertama kami..

  251. Surur December 3, 2008 at 5:52 am #

    Wah, bagus. Thank you. Kalo ada tips lain, langsung aja bagi-bagi

  252. hari tri handoko December 3, 2008 at 5:50 am #

    trims tipsbayi, info info yang ada pada situs ini sangat berguna bagi saya dan istri saya.
    bravo……!!!! tips bayi !!!!

  253. Friska Nababan December 3, 2008 at 4:10 am #

    Thaks ya tips bayi,krn sangat membantu untuk inro dan sara-saran yg diberikam, apalagi mengenai bayi tidak nyenyak tidur.sekali lagi Thaks banget Tips bayii..

  254. Manogutua Lubis December 3, 2008 at 3:14 am #

    waow..bagus baget nih tips,…terima kasih ya….
    Dengan adanya tips ini, saya sudah tahu dan mengerti tentang tidur putri saya dan banyak belajar dari tips bayi ini, moga tips bayi makin menarik dan makin banyak ide dan solusi yang diberikannya..GBU all

  255. iwe December 3, 2008 at 3:00 am #

    salut… thanks buat tipsbayi.com :)

  256. taufik December 3, 2008 at 2:46 am #

    wah….pas banget nich artikelnya dan sangat membantu. thanks berat tips bayi

  257. Ary Anjar Guntur saputra December 3, 2008 at 12:39 am #

    menurut saya Tips bayi ini sangat membantu kami yang baru memiliki anak pertam a, kami juga share dengan teman 2 kami di kantor terutama mereka yang baru menikah . thanks Tips bayi

  258. Agoes December 2, 2008 at 9:38 am #

    Ass wr wb..
    Kami sekeluarga mengucapkan Terimakasih yg sebesar2nya kepada situs ini tipsbayi,dg informasi yg telah telah kami baca shgga kami makin byk tahu bagaimana merawat dan membesarkan sibuah hati kami nanti.Sekali lg kami berdua menghaturkan terima kasih..
    Karna sebentarlagi kami akan dikaruniai allah anak yg pertama.Kami masih sedikit pengetahuan tentang bayi,dg adanya tipsbayi ini makin bertambah pengetahuan kami,semoga aja kebaikan dari tips bayi dibalas oleh allah dan jadi amal baek.
    Kami tggu informasi selanjutnya yg tentunya akan lebih menarik
    Wasalam…!

  259. Doddy December 2, 2008 at 6:34 am #

    Thx’z Bgt y..

  260. veranita December 2, 2008 at 6:34 am #

    Terimakasih banyak…tipsnya sangat membantu saya dalam merawat si kecil.

  261. ega December 2, 2008 at 4:45 am #

    wow.., tks bgt tips bayi makin ok

  262. dian December 2, 2008 at 4:29 am #

    wah berguna sekali informasinya…mungkin zio sering oek-oek malam hari karena dari pagi banyak sekali yang mengajaknya bermain,jadi malam susah sekali tidur

    • wiwik handayani March 5, 2013 at 7:51 am #

      mau tanya dong bayi saya umur 7 bulan dia sering terbangu kalau tengah malam dan sering nangs tapi matanya masih merem

Leave a Reply