Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Ikan Teri

Bahan-bahan:

beras 20 gram
air 625cc
tempe 25 gram
daun bayam 25 gram
tomat 25 gram
ikan teri Medan bubuk 1 sdm
minyak sayur 1 sdm

Cara Memasak:

Cara membuat ikan teri bubuk:

Cuci bersih ikan teri Medan dalam jumlah sesuka Anda. Sangrai hingga kering dan berwarna kecoklatan, lalu angkat. Tumbuk halus dan simpan dalam wadah tertutup.

Cara membuat tim saring:

  1. Satukan beras, air dan tempe
  2. Rebus hingga menjadi bubur
  3. Masukkan bayam, tomat dan ikan teri bubuk – tunggu hingga matang
  4. Masukkan minyak sambil terus mengaduk tim
  5. Dinginkan
  6. Setelah dingin, haluskan dengan blender atau saringan kawat

Semoga bayi Anda menyukainya :)

Artikel yang berhubungan:

  1. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Ati Sapi
  2. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Daging
  3. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Ayam dan Keju
  4. Resep Makanan Bayi: Bubur Beras Stroberi Untuk Bayi 6-12 Bulan
  5. Diet Ikan pada Bayi Dapat Mengurangi Resiko Terjangkit Eksim

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

88 Responses to Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Ikan Teri

  1. mama Ferdinad March 4, 2014 at 2:14 pm #

    dear tips

    Anakku sdh berumur 8 bln lbh, dia sudah kukenalkan makanan sendiri dan uga instan karena kepepet.BB anakku 9 kg dan panjang 72cm,dia banyak gerak dari belajar berdiri sambil loncat loncat, merangkak dll.tips tolong donk kasih resep masakan yg di campur keju dan masakan yg di campur ikan air laut dan tawar.makasih sblmnyaa..

    • tips-bayi March 12, 2014 at 8:07 am #

      mama Ferdinad,

      Bunda.. BB dan TB Ferdinand sangat ideal.. ;)

      Untuk resepnya.. sepertinya ada di Kumpulan Makanan Bayi ini.. silahkan klik..

  2. sri wilujeng November 28, 2013 at 6:34 am #

    Bagaimana cara membuat kaldu? Apa bs kaldu disimpan di kulkas utk dipakai hari berikutnya ?

    • tips-bayi November 30, 2013 at 7:17 am #

      sri wilujeng

      Cara membuat kaldu :
      http://www.tipsbayi.com/membuat-kaldu-untuk-bayi.html

      Air kaldu bisa disimpan di dalam lemari es pada suhu 0-4 °C akan tahan selama 1-2 hari. Penyimpanan di dalam lemari pembeku (freezer) di dalam lemari es 1 pintu bisa bertahan selama 2 bulan, sedangkan dalam freezer di lemari es 2 pintu (pintu freezer terpisah) tahan selama 3-4 bulan.. ;-)

  3. santi September 28, 2013 at 6:12 am #

    anak qu baru memasuki usia 6 bulan, dibikinkan bubur dngn kentang, wortel dan ayam, tpi ga mau makn. malah lebih suka mkan yg instant.. ada tips ga BUn?

    • tips-bayi October 1, 2013 at 4:24 am #

      santi,

      Ya jelas Bun.. rasa bubur instan lebih enak karena memakai berbagai penguat rasa. Sebaiknya mulai dibiasakan terus dengan MPASI buatan sendiri. Perlu diperhatikan untuk bahan dasarnya jangan banyak campuran, cicipi rasanya oleh Bunda.. apakah rasanya aneh..? Usahakan rasanya jangan terlalu jauh dari rasa ASI.. Maka bagus jika susu campurannya menggunakan ASI.. ;)

  4. Mama Aran September 26, 2013 at 4:34 pm #

    Didaerah saya ikan teri medan tawar/basah tdk ada yg jual,apa boleh menggunakan ikan teri kering?bukannya mengandung garam ya yg ikan kering?

  5. Mama Aran September 26, 2013 at 4:11 pm #

    Didaerah ku teri medan tawar tidak ada yg jual,adanya ikan teri yg sudah dikeringkan, apa tdk mengandung garam ya? Kan asin? Ada solusinya ga min?sy pengen nyobain resep ini (Aran saat ini 8m 10hr)

    • tips-bayi September 30, 2013 at 4:12 am #

      Mama Aran,

      Benar Bun.. Pasti mengandung garam.. untuk ngilangin asinnya, Bunda bisa cuci dengan air garam dingin dan rendam dengan air tawar lalu cuci lagi hingga bersih dan tawar. Setelah ditiriskan, lalu dihancurkan dengan cara ditumbuk atau diulek halus. Setelah dimasak dengan bubur lalu bubur disaring dengan saringan kawat.. Selamat mencoba.. ;)

  6. bunda ibad September 26, 2013 at 1:58 am #

    senang sekali dapat info ttg pembuatan tepung beras merah/putih, bisa buat ibad nnti klo sudah 6 bln , tpi yag mau saya tanyakan tepung berasnya bisa bertahan berapa lama yaa??? trus brapa banyak campuran air klo tpung berasnya di masak?
    terima kasih

    • tips-bayi September 28, 2013 at 4:29 am #

      bunda ibad,

      Untuk tepung beras buatan sendiri asal penyimpanannya ditempat kedap udara yang rapat bisa tahan berminggu-minggu, tetapi sebaiknya Anda buat jangan terlalu banyak. Anda bisa sediakan tepung untuk persediaan satu atau dua minggu, karena tepung buatan sendiri tidak memakai bahan pengawet perlu lebih fresh biar rasanya terjaga.

      Untuk takaran air bisa mengikuti sesuai dengan hasil akhirnya, kental, sedang atau cair. Untuk Kental 1:8, sedang 1:10, cair 1:13. Atau sesuai selera dan kebutuhannya.. ;)

  7. ade September 10, 2013 at 4:35 am #

    Cara pembuatan bubuk ikan terinya bagaimana?bukanya teri medan itu asin?apakah boleh d konsumsi bayi usia 8bln?

    • tips-bayi September 17, 2013 at 4:33 am #

      ade,

      Untuk ngilangin asinnya, Bunda bisa cuci dengan air garam dingin dan rendam dengan air tawar. Setelah ditiriskan, lalu dihancurkan dengan cara ditumbuk atau diulek halus. Setelah dimasak dengan bubur lalu bubur disaring dengan saringan kawat.. Selamat mencoba.. ;)

  8. endang June 20, 2013 at 9:38 am #

    tips, mau bertanya: mulai usia berapa, anak boleh diberikan lauk yg diolah dengan digoreng? misalnya telur mata sapi, dan kawan kawan.

    terima kasih

    • tips-bayi June 25, 2013 at 4:30 am #

      endang,

      Telor goreng dan teman-temannya atau makanan dewasa sudah bisa Anda perkenalkan ketika bayi Anda menginjak usia 1 tahun.. itu pun sebaiknya jangan kudapan diluaran yang kandungan dan kebersihannya kita tidak tahu.. ;-)

      Dengan catatan, jika memang tahapan perubahan tekstur dan porsinya sudah dilalui dengan benar sesuai tahapan..

  9. mama lina June 17, 2013 at 5:27 am #

    siang,,,babyku ni dr mpasi pertama susah bab ato sembelit…dia usia 9 bln,,, kmrn pernah kucoba bubur nasi rada kasar toap sembelit jg… tiap sehari makanya 2x buah ( pear n pepaya)…n 1x bubur nasi saring tiap sore, krn kalo 2x bubur pagi n sore trs siangnya buah, dia susah bab.. babyku kl malem susah nenen,, jd cm dikenyot trs dilepas…..kl siang asiny dibotolin pking 3 baotol aj, apkah teritung krg asi… bru seminggu ini kl siang ak tambahi sufor 2x botol.. krn tkt asiny gk nyukupi bthan cairan hinggs penyebsb sembelit….bagaiman y sebaikny?Apkah sdh benar hal ini.

    • tips-bayi June 25, 2013 at 3:24 am #

      mama lina,

      Siang..
      Yang Bunda lakukan sejauh ini sudah benar.. Hanya saja sebaiknya bunda tetap mempertahankan ASI saja tidak diselingi sufor.. banyak makan sayuran bagus untuk membantu produksi ASI.. Ingat prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Yang tidak kalah pentingnya : Ibunya harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI. Jangan mempunyai fikiran: “Aduuh.. ASI saya sedikit.. tidak akan cukup nih..” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun… ;-)

      Usaha lain yang bisa Bunda lakukan apabila anak Bunda susah BAB..

      * Bantulah anak Bunda dengan melakukan olahraga kecil, dengan cara menekuk lututnya kearah perutnya secara lembut beberapa kali, yang akan membantu untuk mengeluarkan feses
      * Mandikan dengan air hangat.
      * Oleskan baby oil di daerah sekitar anusnya.

      Susah nenen malam kemungkinan karena siangnya biasa botol ya.. terus saja berikan ASI langsung selama malam jangan lantas diganti dengan botol lagi ketika malam.. ;-)

  10. merry January 25, 2013 at 1:29 pm #

    Salam kenal tips bayi….bayiku Rey skg umur 8mo 20hari beratnya 9,4kg..dr umur 6 bln smpe masuk 8 bln aq kasih bubur instan penambah berat badan tp sejak umur 8 bln aq kasih mpasi bikinan sndiri dg slow cooker,,,gimana caranya agar kandungan gizinyanttp terjaga krna aq urus bayiku sndirian aga susah kalo harus masak dg kompor..smpai skg masih asi karna aq pernah di saranin dokter anak waktu berat badanya hanya naik 1ons dlm sebulan untuk mengenalkan sufor 3x ganti merk susu selalu muntah2,,,makanya skg ttp Asi. Sayuran apa aja yg boleh bayi 8 bulan ke atas…dan rey susah sekali makan buah gimana caranya agar bisa kasih buah ke dya…makasih sblmnya utk jwbanya.salam

    • tips-bayi February 5, 2013 at 2:14 am #

      merry,

      Salam kenal juga.. ;-)

      Bagus sekali Rey masih Bunda berikan ASI.. ini keputusan yang tepat.. Harus dipertahankan..

      Semua sayuran sudah boleh Anda berikan, sayuran lima warna. Lima warna.. hijau, kuning, putih, ungu dan coklat.. Anda bisa memberikan buah-buahan apa saja yang rasanya manis, tekstur seratnya lembut dan tidak berbau menyengat. Seperti: Jeruk baby / jeruk medan, mangga manis, pisang, melon, alpukat, pepaya, pear, apel, buah naga, dll. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi Anda dianjurkan 5 porsi kecil setiap hari (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

      Hmm.. Rey tidak suka buah ya..? Bisa Anda coba membuat kebiasaan baru pada Rey. Jika nanti Rey sudah bisa memegang dan menyuapkan makanan, Bunda bisa membiasakan memberikan potongan buah, biarkan Rey menyantapnya sendiri.. Berikan menu makanan alternatif berasa buah, agar anak Anda terbiasa dengan rasa buah. Bisa sajikan jus buah dengan hiasan yang akan menarik perhatian anak Anda.. ;-)

  11. bunda harith July 10, 2012 at 9:47 am #

    anakku sekaran 9 bln ..
    anakku beberapa minggu ini susaaaah bgt makan,memang gigi nya sudah tumbuh 3..
    kaang mau kadang gak mau makan,sampe” berat badannya bln ini hanya naik 1 ons..
    tp lebih suka minum ASI sih..apa anakku gak merasa lapar cuma minum ASI aja ya?takutnya dia lapar tp gusinya sakit karna mau tumbuh gigi.mohon infonya :)

    • tips-bayi July 16, 2012 at 4:43 am #

      @

      Susah makan ya..? Bisa saja mau tumbuh gigi.. apabila bayi Anda sudah bisa memegang sendiri dan mengunyah bisa mulai diperkenalkan ‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil dan sayuran rebus..

      Selain memberikan menu yang variatif .. Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan anak Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi anak Anda..

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Anda akan berterima kasih suatu hari nanti !

      Masih bagus anak Anda masih mau ASI.. Pertahankan terus pemberian ASI pada bayi Anda sampai usia 2 tahun.

  12. susu terbaik bagi bayi diatas 6 bln?

    • tips-bayi May 7, 2012 at 4:45 am #

      @ paulina,

      Usulan Anda akan kami pertimbangkan.. ;-)

      Susu terbaik untuk bayi diatas 6 bulan.. masih ASI..
      Perlu diingat.. Kandungan gizi ASI dengan sufor sangat jauh.. Meskipun susu formula terlihat bisa mengganti ASI, akan tetapi Susu terbaik untuk bayi Adalah ASI.. Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

      Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

      ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

      Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

      Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

      Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

      Anda bisa baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

  13. NOVI April 23, 2012 at 4:11 am #

    Halo, bayi saya perempuan umurnya sekarang 5 bulan 14 hari. bagaimana caranya jika ingin memberikan makanan pendamping ASI seperti buah2an n bubur susu+sayuran sedangkan saya bekerja mulai jam 6 pagi pulangnya jam 6 sore. apakah boleh jika saya blender pada waktu subuh n diberikan pada siang harinya ataupun sore harinya? apakah makanan2 tersebut harus dimasukkan dahulu ke dalam kulkas? atas tipsnya saya ucapkan terimakasih banyak semoga bermanfaat, amiinnn

    • tips-bayi May 2, 2012 at 6:25 am #

      @ NOVI

      Insya Allah jika dimasukan dalam freezer berarti nantinya jadi beku.. maka kandungannya tidak akan rusak. Hanya perlu diperhatikan ketika penyajian, pastikan Anda mengaduk pure tersebut hingga betul-betul merata, untuk menghindari berkumpulnya panas hanya pada satu titik makanan. Ini bisa merusak kwalitas nutrisi dan membahayakan bayi Anda.. ;-)

      Hampir semua makanan bayi Anda bisa di simpan dalam kulkas atau juga freezer. Hanya untuk makanan yang mengandung nitrat tinggi saja yang dianjurkan untuk disajikan secara fresh misalnya bayam. Silahkan Anda baca artikelnya:

      http://www.tipsbayi.com/nitrat-dalam-sayuran.html

  14. evi April 20, 2012 at 3:23 am #

    Haloo..makasih resepnya..:)
    Bayi saya 7 bulan ada bakat alergi dari orang tuanya,.kira2 ikan teri bikin alergi ga yah?

    • tips-bayi April 21, 2012 at 6:28 am #

      @ evi

      Halo juga.. Terima kasih kembali.. ;-)

      Belum tentu bayi Anda alergi..

      Ikan, terutama yang bertulang, dikenal sebagai pencetus alergi pada bayi. Bahkan seringkali dianjurkan untuk memberikan ikan hanya jika bayi berusia 1 tahun. Ada yang menyarankan untuk menunggu hingga usia 3 tahun. Namun ada juga yang menyatakan bahwa ikan aman dikonsumsi bayi berusia 9-10 bulan. Alasan lain menunda pemberian ikan pada bayi adalah kandungan merkuri yang mungkin terdapat pada ikan. Saat pertama kali mengenalkan ikan, penting untuk memilih tipe ikan berdaging putih. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter anak Anda sebelum Anda memberikan ikan, terutama kerang-kerangan..

  15. Anonymous April 20, 2012 at 3:23 am #

    Haloo..makasih resepnya..:)
    Bayi saya 7 bulan ada bakat alergi dari orang tuanya,.kira2 ikan teri bikin alergi ga yah?

    • tips-bayi April 21, 2012 at 6:30 am #

      @ Anonymous,

      Halo juga.. Terima kasih kembali.. ;-)

      Belum tentu bayi Anda alergi..

      Ikan, terutama yang bertulang, dikenal sebagai pencetus alergi pada bayi. Bahkan seringkali dianjurkan untuk memberikan ikan hanya jika bayi berusia 1 tahun. Ada yang menyarankan untuk menunggu hingga usia 3 tahun. Namun ada juga yang menyatakan bahwa ikan aman dikonsumsi bayi berusia 9-10 bulan. Alasan lain menunda pemberian ikan pada bayi adalah kandungan merkuri yang mungkin terdapat pada ikan. Saat pertama kali mengenalkan ikan, penting untuk memilih tipe ikan berdaging putih. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter anak Anda sebelum Anda memberikan ikan, terutama kerang-kerangan..

  16. mami ika March 19, 2012 at 11:07 am #

    Halo, bayi saya 6,5 bulan. Bayiku susah skl mkn. Kl mkn mulutnya nga mau buka. Pdhl sdh 3 jam tdk minum susu. Selama ini sy sll kasih mkn bayi yg instan. Br 2 hr ini sy masak sndr. Ternyata bayi ku tdk menyukainya juga. Bb skg sdh 8,3 kg. Aku minta saran ya.. Terima kasih

    • tips-bayi March 22, 2012 at 7:02 am #

      @ mami ika,

      Bayi Anda sudah dikenalkan bubur instan jadi mulai keenakan tuh.. ;-)

      Untuk makanan pertamanya sebaiknya bubur susu atau pure buatan Anda sendiri.. Usahakan rasanya tidak terlalu jauh dari rasa makanan pokok sebelumnya ASI..

      Bubur susu.. Anda bisa membuat bubur susu sendiri dari tepung beras putih/ merah..

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Anda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan.. ;-)
      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

      Oh ya.. BB bayi Anda termasuk lebih dari ideal.. Pertahankan ASI ya.. ;-)

  17. Mami iman March 8, 2012 at 4:37 pm #

    @tipsbayi
    Hahahahaaaaa habis kubaca lagi kok banyak salah ketik ya…. Tapi mengerti maksudnya kan? Tx

  18. Mami iman March 8, 2012 at 4:35 pm #

    @tipsbayi
    Makasi banyak ya, dari web ini tau banyak ttd mulai buat bayi. Maksud saya iman kan 6 bulan, jika mulai dikenalkan santan dicampur susu pada bubarnya bergantian dan mentega unslted biasa kan? Dan baiknya berapa takaran seharinya? Bb iman enam bulan 7.5kg Pb 71cm, kelihatan langsing….heheheee… Iman aktif, siang jarang Bobo, cuma sore, malam, subuh ada bibinya, itupun tiap 3 jam saya kasi nen supaya kebutuhan susunya terpenuhi. Oia, sekalian tanya lagi, memasak dan slow Cooker tidak mengurangi nilai gizi ya? Makasi banyak yaaaaaa…….

    • tips-bayi March 14, 2012 at 2:30 pm #

      @ Mami iman,

      Mentega unsalted boleh.. ;-)

      Memang Anda akan lebih terbantu memasak dengan Slow Cooker. Tapi.. sebaiknya memasak dengan slow cooker dihindari, karena proses memasak yang terlalu lama meskipun dengan api yang kecil dapat merusak zat gizi yang terkandung dalam makanan.. lebih baik repot sedikit tapi manfaatnya banyak.. ;-) Anda bisa baca juga artikel:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

  19. mami iman March 7, 2012 at 3:33 pm #

    @tipsbayi
    Makasi banyak tips.. Bb iman 7.5kg, panjang 70.5cm 6 bulan ini, kayak kecil apa karena panjangnya ya? Iya, jadi maksud saya, makan santan ya makan susu sekalian, heheee gak boleh ya? Supaya kebutuhan lemaknya tercukupi, krna saya takut fats-nya kurang (mengingat susu-nya berkurang ketika mulai makan 3x sehari), jadi nanti perkembangan otaknya terhambat. Tips, makasi lho dijawabin terus, daku jadi terharu, hiks hiks..

    • tips-bayi March 13, 2012 at 4:06 am #

      @ mami iman,

      Benar.. santan memang gantinya adalah susu, bisa ASI atau sufor.

      Jika Iman sudah berusia 8 bulan maka sistem pencernaannya sudah lebih baik lagi dan sepertinya sudah siap untuk menerima makanan mengandung santan kelapa. Meskipun begitu sebenarnya tergantung bayinya juga. Terkadang ada yang sensitif belum bisa menerima makanan bersantan.. ;-)

  20. Ibu Majid March 5, 2012 at 7:42 am #

    dear tips bayi, anak saya sudah 7,5 bulan, susah makannya (menurut saya) tetapi berat badannya masih di dalam garis hijau (KMS), saya memberi makan majid jadawalnya:
    jam 7 : ASI (karena saya bekerja)
    jam 8.30-9 makan bubur saring encer (karena muntah kl kental)
    jam 10 atau 10.30 buah
    jam 12 ASI (istirahat saya pulang)
    jam 14.00 makan lagi bubur sring
    jam 15.30-14 makan buah
    jam 14.00 – pagi ASI
    diantara jam2 itu majid di sodor2kan dot yg berisi ASI Perah

    apakah jadwal makan saya ini sudah benar atau bgm?
    tetapi kalau disuapin sama pengasuhnya makan tidak pernah habis.
    saya masih bingung dengan jadwal yang benar. soalnya saya mengikuti jadwal makan hasil dari browsing internet. terima kasih

    • tips-bayi March 12, 2012 at 2:57 am #

      @ Ibu Majid,

      Wah.. itu sudah bagus.. ;-)
      Makan bubur 2 kali dan buah 2 kali itu sudah lumayan banyak di usia bayi Anda segitu.. Yang lebih etuju, Anda tetap memberikan ASI meskipun dalam dot.. pertahankan.. ;-)

      Perlu diingat, kesiapan porsi makan setiap bayi berbeda lho..

      Berikan dengan penuh kesabaran dan ketelatenan.. buatlah makanannya dengan rasa yang mendekati dengan makanan pokoknya ASI.. pertahankan terus pemberian ASI sampai 2 atau 2,5 tahun..

      Selain Anda harus memberikan menu yang variatif, makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan anak Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi anak Anda..

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Anda akan berterima kasih suatu hari nanti ! ;-)

  21. mami iman March 2, 2012 at 11:22 am #

    @tips bayi
    Tips, sejak 5 bulan ni kok bb-nya sukar naik ya.. Setengah kg aja gak sampe.. Iman mik sufor kurleb 500-600cc per hari + nenen 6x, makannya 3x sehari – 10.00 buah 60cc, 13.00 gasol 10gr+susu 16.00 kuning telor. Tapi emang anaknya sedikit tidurnya kalo siang.. Dan kelihatannya dia lbh senang makan drpada mik susu, kalo mik susu mesti dipaksa, makan engga. Bagaimana ya tips? Apa memang sudah saatnya weaning susu? Tapi dia baru 6 bulan, apa boleh dikasi makan sebagai pengganti waktu mik susu-nya kalo dia rewel? Susunya 600cc itu udah termasuk yang saya sertakan di makanan, kalo yg diminum aslinya hanya 400cc + nenen 6x itu.. Makasi banyak ya tips

    • tips-bayi March 7, 2012 at 4:23 am #

      @ mami iman,

      Iman aktif kan.. ? Wajar jika Iman sudah lebih aktif maka pertambahan BB akan sedikit lambat tapi tetap sehat sih.. ;-)

      Pola makan dan minumnya sudah bagus.. bisa mami pertahankan.. Oh ya.. BB Iman berapa ya..? lupa.. Wajar juga jika sudah dapat MPASI makan nafsu minum susunya berkurang. Jika memang Iman terlihat masih lapar, boleh kok Anda menambah porsi makannya sesuai kesiapan Iman.

      Boleh dan bagus jika jatah susu Iman yang belum terminum dimasukan kedalam MPASI-nya .. ;-)

  22. c.s.hidayat March 1, 2012 at 9:32 am #

    wah maksih bngt info2 nya tambah lg yg bru n terbaRU

    • tips-bayi March 7, 2012 at 3:36 am #

      @ c.s.hidayat,

      Sama-sama.. ;-)
      Untuk info terbaru..? Selalulah mengikuti perkembangannya di sini.. :-)

  23. mami iman February 27, 2012 at 6:58 pm #

    @tipsbayi
    Selamat bertemu lagi.. Makasi udah dijawab semua.. Iman going to be 6mo 10hari lagi, bb-nya 7.3kg skrng, tinggi 69cm, apa normal ya? ASI walau sedikit tetap sya berikan, sya udah berusaha, tapi iman tetep maunya cuma nyusu satu payudara, berantem terus pada payudara satunya.. Skrng cuma tinggal berdoa saja, sya percaya doa lbh berkuasa dari susu atau makanan apapun buat kesehatan bayi.. Sya berusaha kasi yg terbaik, dgn buat mpasi sendiri tanpa beli instant. Yg mau sya tanyakan :
    1. Apa gasol mengandung gluten? Sya ada baca pencernaan bayi tidak siap buat gluten dan legumen sampai usia setahun?
    2. Dosis mentega dan santan berapa banyak diberikan setiap harinya?
    3. Di website lain tampak begitu banyak aturan pemberian mpasi, gak boleh ini itu.. Disini cenderung lbh bebas.. saya senang.. Kalo boleh untuk tahu bayi tidak cocok makanan mpasi bagaimana? Selain dia kulitnya merah2? Makasi banyak.. Sukses selalu tips..

    • tips-bayi March 5, 2012 at 4:25 am #

      @ mami iman,

      BB Iman cukup bagus.. dan iman termasuk sedikit lebih tinggi di atas rata-rata seusianya ya..?

      1. Gluten, ialah protein dari gandum (roti) dan sejenisnya. Legumen (kacang-kacangan) misalnya kapri, buncis, kacang polong Kacang kedelai dll. Jika yang Anda maksudkan itu.. berarti bayi Anda sebenarnya siap kok. menerimanya.. .;-)

      2. Susu bisa juga sebagai ganti santan. Margarin, mentega atau butter. Di pasaran ada 2 jenis butter, yaitu yang salted (asin) dan unsalted (tawar). JADI.. sebaiknya pilih butter yang unsalted (tawar) saja, lebih aman. Bahkan sering tingkat asinnya itu tidak sama meski merek butter-nya sama.. Dosis mentega secukupnya hanya untuk memberikan rasa gurih..

      3. Cenderung lebih bebas.. karena.. sesuai yang Anda bilang tadi.. Do’a lebih berkuasa.. :-)
      Pada umumnya gejala dan tanda yang ditimbulkan akibat alergi makanan atau susu dibagi atas Reaksi cepat yaitu dalam 45 menit setelah paparan, berupa: erupsi pada kulit, bersin-bersin, batuk, hidung berair, ngorok. Reaksi lambat (terjadi dalam 20 jam) setelah paparan berupa diare, pucat, muntah. Reaksi sangat lambat (setelah 20 jam) berupa diare, gejala gangguan pernafasan..

  24. @mami-julian February 13, 2012 at 2:54 pm #

    Salam kenal tips baby. Julian anak sy baru umur 6bulan lwat 10hari, uda sy kasih makan bubur saaring. Selama ini sy kasih laukny ayam kalduny aja, ati ayam, ceker ayam. Sy mau tany kapan boleh dikasih ikan”an. Trus sy mau mnt resep n cara bikin tim buat julian. Soalny selama ini baru dikasih bubur saring. Makasih jawabany.:)

    • tips-bayi February 23, 2012 at 2:49 am #

      @mami-julian,

      Salam kenal kembali.. :-)

      Ikan.. Selain tinggi protein, ikan memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat bagi pembentukan otak bayi. Ikan baik ikan air tawar maupun ikan laut seperti tuna, tengiri, makarel, dan kakap besar dapat diberikan kepada bayi Anda bila sudah berusia 9 bulan ke atas..

      Ikan, terutama yang bertulang, dikenal sebagai pencetus alergi pada bayi. Bahkan seringkali dianjurkan untuk memberikan ikan hanya jika bayi berusia 1 tahun. Ada yang menyarankan untuk menunggu hingga usia 3 tahun. Namun ada juga yang menyatakan bahwa ikan aman dikonsumsi bayi berusia 9-10 bulan. Alasan lain menunda pemberian ikan pada bayi adalah kandungan merkuri yang mungkin terdapat pada ikan. Saat pertama kali mengenalkan ikan, penting untuk memilih tipe ikan berdaging putih. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter anak Anda sebelum Anda memberikan ikan, terutama kerang-kerangan..

      Anda bisa memberikan daging, hati ayam, tahu, tempe.

      Untuk mencoba fariasi makanannya bisa Anda kunjungi:

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

      Cara membuat bubur untuk Julian.. Mulai dari Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain.. ;-)

  25. yuyun daffa February 10, 2012 at 12:45 pm #

    hai,,bun,,mo nanya apakah boleh sy menambahkan gula dan garam pada makanan bayi,,trs ikan apa yg bagus utk otak bayi,,trima kasih,,,

    • tips-bayi February 21, 2012 at 3:33 am #

      @ yuyun daffa,

      Fungsi ginjal bayi Anda belum cukup matang untuk menyisihkan kelebihan mineral dalam garam dapur. Maka segala jenis menu dengan kandungan garam dapur, apalagi yang berlebihan, sebaiknya dijauhkan dari menu harian bayi Anda.

      Natrium sudah mencukupi dari bukan garam dapur, tubuh memang membutuhkan mineral natrium yang dapat diperoleh dari garam dapur, namun tak perlu mengonsumsi khusus garam dapur jika natrium yang terkandung dalam bahan makanan alami sudah mencukupi..

      Termasuk kecap, kita tahu garam dapur dalam kecap, kendati namanya kecap manis, kandungan garam dapurnya juga melebihi kebutuhan tubuh..

      Benar.. salah satu pengganti garam adalah keju.. silahkan baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/pemberian-keju-untuk-bayi-boleh-tidak.html

      Pertahankanlah untuk tidak memberikan garam atau bumbu sejenisnya pada makanan bayi Anda sampai bayi Anda berusia lebih dari 1 tahun.. itupun pemberiannya tidak boleh berlebihan.. ;-)

      Semua ikan bagus untuk otak.. terutama ikan basah.. ;-)

  26. Mama Imas February 10, 2012 at 8:37 am #

    Selamat sore…………..bunda
    anak saya 10 bulan,saat ini badannya kurus BB 7 kg,saja adakah resep mp asi khusus untuk menaikan berat badan anak saya /anak saya perempuan terimakasih

    • tips-bayi February 16, 2012 at 2:37 am #

      @ Mama Imas,

      Pagi.. bunda..
      BB bayi Anda masih tergolong normal, karena masih 75% BB normal untuk bayi Indonesia. Meskipun terlihat kecil.. ;-)

      Meskipun kurus tapi bayi Anda aktif kan..?

      Agar pertumbuhan tulang atau tinggi maupun beratnya tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.. Perencanaan pola makan dengan gizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh..

      BB segitu tidak apa-apa.. karena pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat… Kurus atau gemuk bisa saja turunan lho.. ;-)

      Untuk resepnya sementara ini silahkan lihat di:

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

  27. mami iman February 7, 2012 at 9:52 am #

    @tipsbayi
    Satu lagi tips bayi.. Hehehee sorry ya.. Anak saya kan asi cuma sedikit, apa nantinya dia jadi tidak sepintar anak2 yang full asi ya? Bagaimana perkembangan otaknya nanti? Apakah dia bisa pintar? Saya takut sekali, dan menyesal tidak bisa memberikan yg terbaik buat iman.. Tapi apa daya.. Asi sampai sekarang masih campur sufor.. Sudah usaha sana sini, sampai panggil konselor.. Terima kasih ya.

    • tips-bayi February 11, 2012 at 3:34 am #

      @ mami iman,

      Hmm.. yang lalu sudah berlalu.. ;-) Yang penting ASI sekarang masih Anda berikan walau sedikit..? Pertahankan sampai Iman berusia 2 atau 2,5 tahun..

      Ingat.. Jika ASI Anda kurang.. Susukan saja terus atau dipompa.. ! Ingat.. produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Yang tidak kalah pentingnya : Anda harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun… ;-)

      Dan.. Anda masih mempunyai kesempatan mencetak anak cerdas.. !

      Karena 3 tahun pertama kehidupan anak Anda ternyata memiliki peran yang sangat PENTING dalam membentuk kecerdasannya.

      Mengapa demikian?

      Ketika anak Anda berusia 3 tahun, ia akan memiliki 90% berat otaknya ketika dewasa!
      Dengan kata lain, 90% pertumbuhan otak manusia terbentuk ketika ia berusia 0-3 tahun. Wow!

      Jadi.. masih ada kesempatan kan..?

  28. mami iman February 7, 2012 at 6:08 am #

    @tipsbayi
    Sekalian tanya.. Bayi saya ini suka muntah dengan diagnosa yg tidak jelas kenapa. Mnm susu sampe saya batasi, makanan juga 20gr tepung beras merah saya bagi 3 ditambah buah 100cc. Kira2 apa yg harus dilakukan sehabis bayi makan atau minum susu supaya gak muntah? Iman selalu glekgekan habis makan, kadang glegekannya disertai muntah atau gumoh tapi 100cc gumohnya. Lalu bb iman 5 bulan pas 7kg (kalo muntah turun jadi 6950), tingginya 69cm. Apa ideal? Terima kasih
    Oia, 6 bulan iman sudah bolah makan yogurt?

    • tips-bayi February 11, 2012 at 3:00 am #

      @ mami iman,

      Iman tidak sedang batuk..? Jika bayi Anda sedang batuk berdahak.. Maka akan terpicu untuk muntah karena dahaknya..

      Berikut penyebab bayi muntah selain karena batuk berdahak:

      - Tanda Alergi
      Pada umumnya gejala dan tanda yang ditimbulkan akibat alergi susu sapi dibagi atas Reaksi cepat yaitu dalam 45 menit setelah paparan, berupa: erupsi pada kulit, bersin-bersin, batuk, hidung berair, ngorok. Reaksi lambat (terjadi dalam 20 jam) setelah paparan berupa diare, pucat, muntah. Reaksi sangat lambat (setelah 20 jam) berupa diare, gejala gangguan pernafasan..

      - Pemakainan gurita.
      Kalau bayi Anda masi memakainya, coba lepas saja.

      - Posisi menyusui atau makan
      Sering ibu menyusui sambil tiduran dengan posisi miring sementara si bayi tidur telentang. Akibatnya, cairan tersebut tidak masuk ke saluran pencernaan, tapi ke saluran nafas. Bayi pun muntah. Karena itu, kalau menyusui, posisi bayi dimiringkan. Begitu juga ketika memberi makan kepalanya harus lebih tinggi dari kaki sehingga membentuk sudut 45 derajat. Jadi cairan atau makanan yang masuk bisa turun langsung ke bawah..

      - Tersedak

      - Lambung yang penuh juga bisa bikin bayi gumoh. Ini terjadi karena makanan yang terdahulu belum sampai ke usus, sudah diisi makanan lagi. Akibatnya si bayi muntah. Lambung bayi punya kapasitasnya sendiri. Misalnya bayi umur sebulan, ada yang sehari bisa minum 100 cc, tapi ada juga yang 120 cc. Nah, si ibu harus tahu kapasitas bayinya. Jangan karena bayi tetangganya minum 150 cc lantas si ibu memaksakan bayinya juga harus minum 150 cc, padahal kapasitasnya cuma 120. Jelas si bayi muntah…

      - Dan bila bayi Anda sedang pilek.. Maka akan terpicu untuk muntah karena dahaknya..

      Yogurt sudah mulai bisa dikonsumsi bayi sekitar usia 6 bulan. Yoghurt yang cocok untuk bayi yaitu yoghurt bayi..

      Tentu saja yoghurt buat bayi bukan sembarang yoghurt, lo. Melainkan yoghurt yang mengandung Bifidobacterium sp, yang menghasilkan asam laktat tipe L (+). Sedangkan asam laktat tipe D (-) yang mengalami metabolisme lebih lambat tidak cocok bagi bayi. Setelah usia setahun lebih dan sudah biasa, barulah anak dapat mengonsumsi semua jenis yoghurt dan menikmati manfaatnya sebagai sumber protein, kalsium, dan fosfor tinggi.

  29. mami iman February 3, 2012 at 2:46 pm #

    @tipsbayi

    aduuuuh, makasi udah dibalas. Iman 3 hari lgi 5 bulan. bb-nya tadi sore 6.9, hehehe… semoga impian jadi 7 kg bisa tercapai. saya sudah coba memberikan iman tepung gasol beras merah, tapi dia tidak suka, padahal sebagai pemanis sudah saya kasi biscuit milna dicampur sama tepung gasolnya. besoknya saya coba campuran yg sama dtambah kuah susu pake sufornya iman , kalo asi lgs saya susuin soalnya gak bersisa buat diperas, heee, dia mau ternyata, masuk 10 sendok bayi. yg saya tanyakan, jangan bosan jawab yah, heheheee :
    1. untuk memberi cita rasa manis selain gula apa bahan alami yg dapat digunakan
    2. bolehkah santan dan margarin dicampur di makanan bayi setiap hari? berapa takarannya?
    3. umur berapa bulan dapat dibuatkan bubur agak kental, iman blm bisa makan kental, mesti encer, kalo kekentalan dimuntahkan,
    terima kasih

    • tips-bayi February 10, 2012 at 2:41 am #

      @ mami iman,

      1. Bisa dengan buah-buahan atau madu.. Untuk madu.. Memang ada pendapat bayi sebelum 1 th jangan dulu diberi madu tapi ada juga yang berpendapat bahwa bayi diatas 6 bl sudah boleh dikasih madu..

      2. Boleh saja.. Susu bisa juga sebagai ganti santan. Margarin, mentega atau butter. Di pasaran ada 2 jenis butter, yaitu yang salted (asin) dan unsalted (tawar). JADI.. sebaiknya pilih butter yang unsalted (tawar) saja, lebih aman. Bahkan sering tingkat asinnya itu tidak sama meski merek butter-nya sama.. ;-)

      3. Untuk merubah tekstur makanan hendaknya Anda lakukan secara bertahap dan lihat kesiapan Iman..

  30. mami iman January 26, 2012 at 1:26 am #

    @tipsbayi

    Makasi sudah dijawab mba pertanyaanya.. Skrng beratnya sudah 6.65 kg, 10 hari lagi 5 bulan, bisa gak ya 7 kg..?? Heheheee.. Dia sudah hampir 2 minggu makan alpukat 1/4 buah + apel 3 potong kecil + air 30cc + susu 2 sendok takar saya jus jadi satu. Laaah kok jatah susunya gak berkurang ya? Tetap dia nenen 7x sehari + sufor sekitar 500-600cc, apa lambungnya gak kepenuhan ya? Pupnya agak padat sejak makan buah dan dia ngeden kalo pup. Tapi gak keras, lembek, dia pup 2-3 hari sekali karena minum sufor. Kira2 5 bulan boleh tidak ya mencoba bubur tim saring beras merah + santan + susu? Berapa takaran yang pas untuk awal kali ya? Lalu kapan mulai dikasi cemilan biscuit? Kelihatannya iman lebih senang makan drpada mik susu.. Makasi ya..

    • tips-bayi February 2, 2012 at 3:10 am #

      @ mami iman,

      Sepertinya sekarang sudah 5 bulan ya..? Apa sudah 7 kg..? :-)
      BB Iman sudah lumayan bagus..

      Jatah ASI gak berkurang gak apa-apa bu.. Jangan hitungan ah.. ;-) Nafsu makan bagus tanda Iman tumbuh sehat.. Kalau iman siap dengan porsi seperti itu gak apa-apa.. gak penuh..

      Wajar apabila setelah bayi Anda mendapatkan MPASI, frekuensi BAB bayi Anda bertambah atau berbeda dengan sebelumnya… Pola BAB bayi belum tetap. Bisa sering atau jarang.. Seiring dengan bertambah usianya maka pola BAB bayi Anda akan terbentuk hingga jadwalnya akan terlihat.. Untuk frekuensi BAB, prinsip sederhananya “pengeluaran bagaimana pemasukan” ;-)

      Untuk BAB bayi yang terlihat ngedennya seperti susah, memang terkadang terjadi demikian, disamping bayi Anda masih belajar itu wajar karena sistem pencernaan bayi dan pembentukan enzim pencernaan pun belum sempurna.

      Boleh saja Anda bereksplorasi dengan bahan-bahan makanan yang lain, yang diperkirakan Iman akan suka. Porsi awal 5 sendok makan dewasa takaran sudah jadi.. ;-)

  31. mami iman January 13, 2012 at 12:29 pm #

    @tipsbayi

    Hi tips bayi.. Anak saya umur 4 bulan, tapi karena minum susunya disendokin jadi agak kesusahan minum susu, dia masih asi, tapi krna cuma menyusu satu payudara jadi tidak cukup asi, dan ditambah sufor, sufornya disendokin krna gak mau didot. Menurut dokter anaknya, mencoba mpasi lbh baik daripada memperbanyak suforr pada usia 4 bulan, karna lbh ramah di usus. Dia menyarankan jus buah yang disendokin bersama sufor, saya sudah coba dan bisa masuk 10-15 sendok bayi sehari. Apa saja buah2 berkalori tinggi yang bisa digunakan sebagai pengganti sufor? Terima kasih. Bayi saya 4 bulan 6kg, apa masih normal? Kata dokter anaknya harusnya sekitar 6.5kg

    @mamiew miesya
    Bisa dicoba buah alpukat, anakku pake itu kok bb-nya seminggu bisa naik 200gr. Lalu kasi asupan kalori tinggi untuk mengimbangi aktivitasnya yang semakin meningkat.

    • tips-bayi January 18, 2012 at 3:38 am #

      @ mami iman,

      BB nya Iman masih NORMAL.. bagus.. idealnya usia segitu 6,3 kg.. ;-)

      Ya benar.. Anda bisa coba memperkenalkan MPASI. Banyak dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik.. ;-)

      Buah yang berkalori tinggi selain alpukat, pisang, mangga, apel..

  32. Mamieww Meisya December 29, 2011 at 2:13 pm #

    tlg bantu saya y tipsbayi… Biar ankQ beratbadanna naek… Syukur2 bs naek 2kg… Ehehhehehehe… Mnum susu na jg susah.. Malah lebih suka air putih n air dingin drpd susu… Ap boleh suforna ddinginkan dlu biar ankQ suka?? Makan yg kasar2 pun spt mw muntah… U/ menaikkan berat badan ap aj yg harus sy lakukan y tipsbayi cz anakQ pertumbuhanna lambat jg… Skali lgi thanks b4 y tipsbayi…

    • tips-bayi January 5, 2012 at 4:27 am #

      @ Mamieww Meisya,

      Pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat… Kurus atau gemuk bisa saja turunan lho.. ;-)

      Agar berat badan bayi Anda tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.

      Pemberian air putih ini merupakan insting langsung para orang tua untuk menghindari dehidrasi dan biasanya bayi suka sekali, tetapi terlalu banyak air dapat menganggu keseimbangan cairan dalam tubuh bayi. Susu (terutamaASI) merupakan cairan yang terbaik untuk tetap menjaga bayi yang belum banyak memakan makanan padat dari ancaman dehidrasi, bahkan untuk bayi dibawah 6 bulan jangan dberi minum air putih, meskipun anak Anda sudah lebih 7 bulan ada baiknya bayi Anda jangan diberi terlalu banyak air putih dulu, cukup diberikan untuk mendorong makanan saja, perbanyaklah ASI atau sufor..

      Sufor didinginkan boleh saja yang penting bayi Anda suka dan jangan sampai basi lho..

  33. Mamieww Meisya December 29, 2011 at 2:09 pm #

    sblumna salam knal tipsbayi…
    Bgini… Aq pny ank cow skrg hmpir 1th tpi blum tumbuh gigi n blum bs berjalan n berat badanna cm 7,5kg tuh sangat krg berat badan… Mnta tips2na dunk agar bs tumbuh gigi n bs berjalan n berat badan naek… Resep masakan n makanan ap aj yg bs bikin bayi naik berat badanna y…??? Kebetulan ankQ jg ga ASI… Jdi sistem imun n beratna brkurang ap gr2 ga aq ksih ASI y…??? Thanks b4…

    • tips-bayi January 5, 2012 at 4:23 am #

      @ Mamieww Meisya,

      BB bayi Anda masih tergolong normal, karena masih 75% BB normal untuk bayi Indonesia. Meskipun terlihat kecil..

      Anda jangan khawatir.. Perkembangan fisik dan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Termasuk pertumbuhan gigi. Pada setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan gigi yang sama, meskipun kakak beradik sekalipun. Faktor keturunan sangat berpengaruh.. ;-)

      Jika bayi Anda sudah berlatih berdiri, Anda bisa mencoba tips sederhana untuk mengajari bayi Anda jalan dengan cepat.. Ajarkan bayi Anda berjalan dengan mendorong kursi plastik kecil atau galon air mineral besar.. Dengan begini maka bayi Anda akan lebih termotifasi untuk cepat belajar jalan.. Akan tetapi HARUS selalu Anda dampingi..

      Pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat… Kurus atau gemuk bisa saja turunan lho.. ;-)

      Agar berat badan bayi Anda tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP. Benar.. ASI memang berpengaruh.. tidak ada sufor yang bisa menandingi kandungan ASI..

      Untuk resep makanan.. Anda bisa kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

  34. hana December 11, 2011 at 1:38 pm #

    tips bayi very good…suangat membantu sy banyak mendpatkan info yg sebelumnya sy tdk tau…trus jaya….kerennn habisss!!!

    • tips-bayi December 19, 2011 at 2:22 am #

      @ hana,

      Sama-sama.. ;-)
      Kesediaan Anda memberikan tanggapan dan komentar SANGAT berarti bagi kelanjutan situs kami… :-)

  35. sundari August 10, 2011 at 1:41 am #

    dear tips
    saya ingin coba buat bubur saring ikan teri , cuma ikan teri apa ya , kan ikan teri/teri medan asin mengandung garam ?
    jg ikan terinya ingin saya masak langsung bersama beras tanpa dibuat bubuk
    thanks

  36. lisa June 24, 2011 at 2:20 pm #

    apakah boleh bubur tim bayi usia 9 bulan keatas di campur dengan ABON sapi dan kecap manis? mohon infonya, terima kasih.

  37. yuli January 14, 2011 at 7:08 am #

    cewek kecil q dah 9,5 bulan. paling suka lo dikasih makann yg berbau amis ( hati, ayam,dll ). tips bayi tolong kasih resep dari ikan salmon dunk. masalhnya masih bingung nich cara pengolahanya. direbus langsung or dikukus dl sblm dibuat tim? mksh….

  38. tipsbayi December 14, 2010 at 6:49 am #

    @ dian daulay,

    Biskuit bisa diberikan sampai anak belajar mengunyah dan mendapatkan makanan seperti halnya orang dewasa.

    Tapi sebaiknya bayi Anda diberikan MPASI buatan Anda sendiri dan susu campurannya adalah ASI. Apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

    Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

    1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
    2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
    3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
    4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
    5. Mudah
    6. Hemat

  39. tipsbayi December 13, 2010 at 8:04 am #

    @ nur,

    Kalau air rebusan wortel sudah barang tentu wortelnya banyak, airnya kurang jadi kandungan nitratnya cukup tinggi..

    Anda boleh menggunakan sayur kalengan apa saja, hanya saja sebaiknya Anda jangan gunakan airnya, Anda bisa menggantinya dengan racikan Anda sendiri.. ;-)

  40. dian daulay December 4, 2010 at 2:57 pm #

    anak saya 6 bln,baru mulai MPASI dgn makan biskuit yg di cairkan.sampai kapankah biskuit bisa diberikan kpd anak saya?…

  41. nur September 24, 2010 at 2:31 pm #

    saya pernah membaca kalau air rebusan wortel itu tak boleh digunakan lagi. tapi kenapa resep untuk membuat kaldu sayuran memakai wortel bu. dan apakah saya boleh menggunakan kacang polong kaleng, karena pas saya baca airnya mengandung garam. dan pas saya rasakan kacangnya agak asin?

  42. tipsbayi September 7, 2010 at 4:53 am #

    @ Agustina,

    Coba baca artikel berikut: http://www.tipsbayi.com/index.php/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan

    Mungkin bisa memberikan banyak masukan. Untuk belut dan tongkol, bisa saja dicoba dalam jumlah sedikit dulu dan perhatikan apakah ada reaksi negatif pada kesehatan si kecil.

    Untuk BB bayi 8 bulan, sekitar 7-8,4 kg.

  43. Agustina September 4, 2010 at 4:19 am #

    Anak sy skrg berusia 8 bln, apakah belut/ikan tongkol baik untuk usia 8 bln. bagaimana caranya untuk menambah berat badan bayi sy ya, soalnya dia mknnya lumanyan banyak tapi berat badannya tdk terlalu gemuk. berapa berat badan bayi idealnya 8 bln ya bun??

  44. tipsbayi August 3, 2010 at 6:05 am #

    mama arka,

    Boleh saja kok, hanya saja bisa dicoba sedikit-sedikit dulu untuk yang tidak disaringnya…

  45. mama arka August 3, 2010 at 1:05 am #

    Dear tips bayi

    anakku 8bln 4minggu, dr usia 7bln saya biasakan makan bubur MPASI rumahan (nasi tim) saring… nah br 2hr ini saya kasih nasi im tanpa di saring, smua sayurannya dipotong kecil2 / diparut, giginya sudah ada 6. Tp kok proses mengunyahnya masih sulit ya? sebenarnya sejak kapan bayi mulai makan makanan tanpa saring ya? apakah anak saya tidak apa2 proses lambung / pencernaannya, agak takut juga sih… tp dokternya sudah menyuru untuk tidak disaring lagi….

    terimakasih :)

  46. tipsbayi March 24, 2010 at 3:16 am #

    Mama ReLyn:

    Minyaknya boleh Anda ganti.. Untuk pengganti teri medan bisa saja teri biasa akan tetapi Anda cari yang teksturnya bagus seperti teri medan, karena banyak juga jenis teri yang duri dan tekstur dagingnya keras dan susah lunak.. ;-)

  47. Mama ReLyn March 21, 2010 at 1:11 am #

    Thanks a lot buat resepx,, saat ini sy msh memberi buah saring u putriku,,nanti diusia 6bln sy dah punya ref resep2 yg bs dicoba.. :) Btw, u resep yg mggunakan minyak sayur boleh gak mggantix dg minyak wijen atau salad oil?? Teri medan bisa gak dganti dg teri yg lain?? Skali lg trimakasih..

  48. bunda agis March 10, 2010 at 5:04 am #

    buat bunda2 yang lain yang punya pengalaman yg sama dgn saya boleh donk minta sarannya, sebelumnya thanks banget buat saran dari tipsbayi, tapi saya pengen tahu tentang pengalaman bunda2 yg lain, anak saya tetap gak mau makan makanan yg sedikit kasar, kalau saya paksa pasti dimuntahkan kembali, keadaan berat badan bayi dan tinggi badan anak saya normal(sesuai) tapi kelihatannya dia malas kalau disuruh mengunyah, pernah saya beri potongan apel dan dia mau mengunyah tapi setelah itu dimuntahkan kembali tidak mau ditelan, tolong ya bunda2 kalau ada yg punya masalah yg sama dibagi2 ya pengalamannya , thanx

  49. tipsbayi March 10, 2010 at 2:21 am #

    bunda agis:

    Pada prinsipnya, bayi memerlukan pemberian makanan secara bertahap. Dari tahap awal yang dimulai dari yang cair, lalu setengah padat, kemudian padat dan dilanjutkan makanan biasa berupa nasi dan lauk pauk..

    Walau demikian, kondisi bayi menentukan kesiapan menerima asupan makanan. Karena pada prakteknya pemberian makanan bersifat individual. Belum tentu semua bayi usia 4 bulan siap diberi bubur susu dan 5 bulan tim saring..

    Kondisi fisik bayi juga menentukan kesiapan menerima jenis asupan makanan. Kondisi fisik bayi meliputi berat dan tinggi badannya. Dimana dalam hal ini dokter anak-lah yang memiliki kompetensi khusus yang menilai.

    Oleh karena itu, penting sekali anak dipantau tumbuh kembangnya tiap bulan dari aspek keseluruhan. Dari tinggi badan bayi, berat badan bayi dan metode asupan pola makannya.

    Dan semua itu tak sama antara satu bayi dengan bayi lainnya.. ;-)

  50. Mama balqis March 7, 2010 at 3:02 pm #

    kalo teri sangrainy tidak ditumbuk tapi diblender bisa kan? trz mkanan yg udah jadiny dihaluskan dgn blender ato saringan kawat mksudny gmn?
    klo diblender kan dgn ampasny sdang klo disaring kan tanpa ampas? jdi baikny gmn? apa stlh diblender prlu disaring lg? thx ya..

  51. bunda agis March 3, 2010 at 10:38 am #

    anak saya usia 10 bulan sekarang tapi tiap diberi makanan kasar slalu muntah, padahal giginya sudah tumbuh 5 , gimana yah agar anak saya mau makan nasi tim bukan bubur lagi ?

  52. tipsbayi February 17, 2010 at 6:22 am #

    bunda nisa:

    Benar bunda.. Sebaiknya Anda kembali memberikan bubur buatan sendiri. Apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

    Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

    1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
    2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
    3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
    4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
    5. Mudah
    6. Hemat

    Untuk merubah tekstur makanan bayi Anda, hendaknya Anda lakukan dengan pelan dan bertahap. Anda bisa mencoba sesekali dengan menu baru yang lebih kental. Anda bisa lihat reaksinya. Terus coba hingga biasa..

    Anda bisa sesekali memberikan biskuit yang gampang lumat untuk melatih mengunyah dan menggigit. Atau juga bisa Anda berikan potongan-potongan buah yang ukurannya kira-kira tidak membuat bayi tersedak..

    Anda jangan terlalu khawatir, pertumbuhan gigi pada setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan gigi yang sama. Faktor keturunan sangat berpengaruh..

    Mungkin Anda dan/atau suami Anda pun memiliki sejarah yang sama dengan bayi Anda… :-)

    Jika bayi Anda hingga berusia 14 bulan masih belum memiliki SATU gigi pun, Anda bisa bawa konsultasi ke dokter gigi..

  53. bunda nisa February 15, 2010 at 7:40 am #

    Anakq sudah 9 bulan tapi belum tumbuh gigi, sudah hampir 2 bulanan ini q beri bubur instan, sebelumnya q buatin bubur sendiri kadang campur bubur instan, tapi kenaikan berat badanya tidak banyak sehingga terlihat kurus,,tapi ketika q beri bubur instan dengan label penambah berat badan,,kenaikan berat badannya lumayan banyak,dan terlihat lumayan ndut,, Aku berencana untuk membuat bubur sendiri lagi,,dengan usia 9 bulan dan belum tumbuh gigi apa makanan juga masih perlu disaring, soalnya kalau makanan kasar terkadang seperti mau muntah,,ada gak makanan yang merangsang tumbuh gigi?

  54. tipsbayi December 5, 2009 at 3:34 am #

    Trias, Rini:

    Ikan segar apa saja boleh diberikan, ikan air tawar atau air laut, termasuk udang pun boleh diberikan.. Yang jelas untuk pertama kali harus diberikan sedikit dulu. Selain agar beradaptasi dengan rasa amisnya juga ditakutkan bayi kita elergi terhadap ikan..

    Cara menyimpan filet ikan, masukan filet ikan pada kantong plastik, ikat dengan karet, usahakan udara di dalam plastik seminimal mungkin selanjutnya Anda tinggal menyimpannya di dalam frezer.. ;-)

  55. Trias December 2, 2009 at 2:21 am #

    Ikan apa saja yang boleh diberikan pada bayi usia 8 bulan ? dan bgm cara menyimpan ikan fillet yg benar? jangka waktu berapa lama penyimpanannya? tq ya…

Leave a Reply