Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Daging

Bahan-bahan:

beras 20 gram
air 625cc
daging giling 25 gram
tahu 50 gram
oyong 50 gram
tomat 25 gram
mentega 1 sdt

Cara Memasak:

  1. Potong tomat kecil-kecil
  2. Rebus beras, air, daging giling dan tahu hingga menjadi bubur
  3. Masukkan oyong dan tomat, tunggu hingga matang
  4. Masukkan mentega sambil terus mengaduk tim
  5. Dinginkan
  6. Setelah dingin, haluskan dengan blender atau saringan kawat

Semoga bayi Anda menyukainya :)

Artikel yang berhubungan:

  1. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Ati Sapi
  2. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Ayam dan Keju
  3. Resep Makanan Bayi: Bubur Beras Stroberi Untuk Bayi 6-12 Bulan

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

,

94 Responses to Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Daging

  1. Wiwi nur saonah July 24, 2013 at 7:46 am #

    Dear tipsbayi.
    Maaf saya mau brtanya apakah buku pesanannya diantar lgsung ke alamt tujuan atau bgmna ? Saya ingin mmesan dan kbtulan sy diluarnegri, &saya ingin mmesannya u/ saudara saya? Trimk

    • tips-bayi July 29, 2013 at 6:25 am #

      Wiwi nur saonah,

      Kami sudah jawab via email.. :-)

  2. teny June 17, 2013 at 5:14 am #

    Bagus ga sih klo kita bikin mknan bayi pake slow cooker? Trus untuk pembuatan dan penyimpanannya seperti apa?

    • tips-bayi June 20, 2013 at 7:11 am #

      teny,

      Memang Bunda akan lebih terbantu memasak dengan Slow Cooker. Tapi.. sebaiknya memasak dengan slow cooker dihindari, karena proses memasak yang terlalu lama meskipun dengan api yang kecil dapat merusak zat gizi yang terkandung dalam makanan.. lebih baik repot sedikit tapi manfaatnya banyak.. ;-)

      Untuk pembuatan dan penyimpanan makanan bayi, Bunda bisa baca juga artikel:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

  3. Nelly January 13, 2013 at 3:16 pm #

    dear tips bayi,

    mau nanya nih..saya pnya baby cew yg skr usianya 10 bln dgn bb 6,8 :-( saya udah coba berbagai resep mulai dari kuahnya dbikin sop(daging dblender/ayam/ikan) lalu bbur nasinya dmsak terpisah..sayurnya pun dmsak terpisah kdang drebus kdang dikukus,,lalu saya blender aja mbak sayur campur kuah kaldunya. alhamdulilah mkannya udh 3x dlm porsi kecil biarpun kdang2 susah banget mkannya. oh ya mbak,,anakku msh asi kdang dcmpur sufor buat cmpurn bbur susunya. yg ingin saya tanyakan : kenapa ya bb nya ga’ naik naik, oh ya boleh ya mbak sufornya dcmpur dgn nasi timnya..sya lihat prkembngan bb nya 3 bln terakhir gitu gitu aja.saya bingung mbak,,skr dia udh mlai rambatan. mohon penjelasannya ya mbak. terima kasih

    • tips-bayi January 16, 2013 at 3:25 am #

      Nelly,

      BB termasuk cukup, bahkan termasuk 75% BB untuk bayi Indonesia. Meskipun terlihat kecil..

      Semua yang Bunda lakukan dalam memproses MPASI sudah benar.. Tinggal lebih sabar lagi.. ;-)

      Sufor atau ASI boleh Bunda campurkan ke tim-nya.

      Pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap tidak sehat atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat.

      Sudah merambat..? Jika Bayi Bunda sudah bisa berdiri.. Bunda bisa mencoba tips sederhana untuk mengajari bayi Bunda jalan dengan cepat.. Ajarkan berjalan dengan mendorong kursi plastik kecil atau galon air mineral besar.. Dengan begini maka buah hati Bunda akan lebih termotifasi untuk cepat belajar jalan.. Akan tetapi HARUS selalu Bunda dampingi..

    • mommyx rafello kenzhu June 12, 2013 at 5:19 am #

      Maaf bun,..klw berat badan 3bln berturut2 tdk naik,.seharusnya periksa k leb,.takutnya ke kurangan zat besi,atau d sebut anemia.
      Yg saya tau daging tidak boleh d campur dengan susu dan sejenis keturunan susu,.karna susu bisa menghambat pencernaan zat besi dari daging,.sebaiknya daging di campur dengan buah yg mengandung vitamin C seperti jeruk,buah mangga,dll yg mengandung vit C,karna lebih cepat zat besi d cerna dlm tubuh,.

  4. Ranty March 14, 2012 at 1:43 pm #

    Dear tips:terima kasih atas menu yg sdh diberikan.Hampir semua menu sdh sy coba & hasilx anak sy menyukaianx.yg sy tanyakn jg ada salah 1 menu itu dikasih santen walapun sedikit sy msh takut memberikn kr takut sakit perut.anak sy baru berumur 7bln 10hr .apa boleh umur segitu dikasih santen.Lalu selain sayur bayam,kangkung,buncis,kentang wortel,brokoli apa lg ya sayuran yg bisa dikasih buat si ade.tks tips…sukses terus ya..

    • tips-bayi March 19, 2012 at 7:43 am #

      @ Ranty,

      Jika bayi Anda sudah berusia hampir 8 bulan maka sistem pencernaannya sudah lebih baik lagi dan sepertinya sudah siap untuk menerima makanan mengandung santan kelapa. Meskipun begitu sebenarnya tergantung bayinya juga. Terkadang ada yang sensitif belum bisa menerima makanan bersantan.. ;-)

      Susu bisa juga sebagai ganti santan..

      Semua jenis sayuran 5 warna sudah bisa Anda berikan pada bayi Anda..

      Terima kasih, sukses juga untuk Anda.. ;-)

  5. Indra Waty March 14, 2012 at 4:48 am #

    Dear Tips Baby,

    Anak saya umur 8 bulan dr umur 7 bulan saya kasih bubur instant n sy pernah coba bubur handmommy tp gk mo dimakan malah dia geleng2 n dilepeh bahkan kalo disuapin lg dia mo muntah,bubur instant jg harus rasa itu2 jg kalo di ganti lain gk mo dimakan,gmn yah supaya anak say mau makan bubur handmommy :’( saya pengen banget anak saya makan buatan saya tp anak sy gk mau hik hik hik

    • tips-bayi March 19, 2012 at 7:08 am #

      @ Indra Waty,

      Hmm.. sudah biasa dan sudah ketagihan ya.. Memang harus lebih sabar lagi untuk merubah kebiasaannya..

      Untuk membiasakan menu lainya.. Sebenarnya jika bayi Anda sudah bisa memegang sendiri dan mengunyah bisa mulai diperkenalkan ‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil, sayuran rebus, biscuit yang gampang lumat, sehingga bayi dapat latihan makan sendiri dan bisa terlatih dengan menu yang berfariasi.. ;-)

  6. marta February 26, 2012 at 2:57 pm #

    Dear tips, anakku udah 11 bulan. Waktu pertama makan mpasi (6 bulan) saya selalu buat bubur sendiri, tapi sekitar dua bulan ini karena merasa lebih praktis, saya berikan bubur instan. Sekarang saya sdh ‘insyaf’ dan ingin kembali memberikan bubur homemade, tapi anak saya menolak. Saya sudah coba dicampur dengan bubur instan-nya, tapi tetap dilepeh terus. Hiks..hiks.. Gimana ya caranya supaya anak saya mau kembali makan bubur buatan sendiri?

    • tips-bayi March 5, 2012 at 3:22 am #

      @ marta,

      Insyaf.. :-)
      Berarti memang benar.. bayi Anda sudah keenakan dengan rasa bubur instan ya.. ;-)

      Caranya.. karena Anda sudah mengenalkan bubur instan selama 5 bulan sebelum insyaf.. maka minimal Anda juga harus bisa bersabar 5 bulan untuk berusaha mengenalkan dan membiasakan sedikit demi sedikit makanan buatan Anda sendiri.. ;-)

      Bayi Anda sudah bisa memegang sendiri dan mengunyah bisa mulai diperkenalkan ‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil, sayuran rebus, biscuit buatan Anda yang gampang lumat, sehingga bayi dapat latihan makan sendiri dan bisa terlatih dengan menu yang berfariasi. Setelah itu mulai kenalkan makanan buatan Anda dari bahan atau mengandung bahan finger food tadi..

  7. yasmin January 11, 2012 at 4:23 pm #

    Anak ku udah satu tahun.tp ga mw makanan bertekstur.kadang sampe muntah.jd masih dblndr.ak takut dy g mw nasi…gmn y

    • tips-bayi January 13, 2012 at 3:03 am #

      @ yasmin,

      Tekstur dan porsi bisa Anda rubah dengan bertahap sedikit-sedikit.. sesuai kesiapan bayi Anda.. Jangan khawatir nantinya jika sudah punya gigi apalagi, akan terbiasa dengan tekstur yang lebih padat.. ;-)

  8. lidiya November 14, 2011 at 2:27 pm #

    Anak saya usianya 9 bln. Sampe skrg masih ASI dan wkt 6 bln kutambah sufor, tp gak lama berhenti karna kena batuk , pilek sama mencret. Ke dokter dibilang alergi..Akhirnya kuberhentikan sufor sama smua mkn yg menyebabkan alergi (tentunya saya jg jaga makanan karna ASI) Tp tetep ga sembuh2 sampe 100 hr. akirnya sembuh tp ini skrg kena batuk pilek lg ketularan adik ipar saya yg pilek sama batuk.

    Knapa ya anak saya koq gampang sakit pdhl minum ASI?apakah ASI saya tdk berkualitas sehingga harus disapih…:( tq

    • tips-bayi December 6, 2011 at 2:07 am #

      @ lidiya,

      Dan.. alergi memang bukan suatu penyakit. Alergi adalah reaksi hipersensitivas tubuh terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing atau berbahaya. Reaksi alergi biasanya muncul bila bayi memiliki kecenderungan bawaan (genetik).. ;-)

      Anda jangan khawatir, kasus alergi susu umumnya akan hilang saat anak berusia satu tahun ke atas atau sudah berusia 15 tahun. Menurut data, sebanyak 56 persen bayi yang se belumnya menderita alergi susu, sudah menjadi toleran ketika berumur satu tahun. Sedangkan pada umur 15 tahun, 95 persen anak sudah tidak menderita alergi susu lagi..

      Bayi memiliki sistem imunitas sendiri sehingga bila dia terserang penyakit infeksi, imunitas bayi terpicu untuk bekerja lebih giat lagi dan menngatasi virus tersebut. Infeksi karena virus dapat diatasi dengan memperbanyak istirahat, minum ASI dan memperhatikan asupan makanan.

      Jadi imunitas kurang bukan dari ASI-nya.. perhatikan juga asupan makanannya.. ;-)

      Apabila memang hanya batuk flu saja, Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, dengan memberikan banyak minum susu, buah, makan teratur dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.. Berikan ketenangan hindarkan bayi Anda sering menangis..

      Penyebab penyakit flu adalah virus yang umumnya akan mereda dalam waktu 3-5 hari. Hingga saat ini pun sebenarnya belum ada obat mujarab untuk membunuh virus. Obat flu yang ada hanya sekadar untuk meringankan gejala-gejalanya saja, seperti obat penurun demam, pelega hidung tersumbat, dan pengencer lendir..

      Memang batuk berdahak bisa agak lama bertahan karena anak-anak biasanya susah atau tidak bisa membuang dahaknya sendiri..
      Anda bisa menjemur bayi Anda setiap pagi dengan posisi miring, biasanya dengan begini cairan atau dahaknya akan terbantu keluar..

      Menyapih bayi Anda bukan solusi yang tepat.. ! ;-)

  9. sundari July 6, 2011 at 5:34 am #

    tips
    fathan boleh ga ya dikasih kurma ? jg apa uda boleh dikasih tumis2 pake extra virgin olive oil ? tks

  10. sundari July 5, 2011 at 7:37 am #

    Dear tips

    utk fathan 7 bln 15 hr uda boleh dikasih mentega ya ? yg bagus utk bayi itu merk apa?
    fathan alergi susu sapi apa sudah boleh dikasih telur ? selama ini sayuran yg saya buat brokoli,buncis,wortel,tomat & sawi putih, selain itu apa lg ya sayuran & buah yg boleh utk fathan, (pepaya,jeruk,melon,apel,alpuket), thanks ya tips

    • tipsbayi July 9, 2011 at 3:43 am #

      @ sundari,

      Boleh.. Untuk merk apa saja bisa.. Mentega atau butter di pasaran ada 2 jenis butter, yaitu yang salted (asin) dan unsalted (tawar). JADI.. sebaiknya pilih butter yang unsalted (tawar) saja, lebih aman.. Bahkan sering tingkat asinnya itu tidak sama meski merek butter-nya sama.

      Fathan alergi susu belum tentu alergi telur.. Jadi tidak ada salahnya jika Anda coba tapi berikan saja kuningnya dulu, karena bagian putih telur dapat memicu reaksi alergi pada sebagian bayi.. ;-)

      Semua sayuran sudah boleh Anda berikan, sayuran lima warna. Anda bisa memberikan buah-buahan apa saja yang rasanya manis, tekstur seratnya lembut dan tidak berbau menyengat. Seperti: Jeruk baby / jeruk medan, mangga manis, pisang, melon, alpukat, pepaya, pear, apel, buah naga, dll. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi Anda dianjurkan 5 porsi kecil setiap hari (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

      Tumis dengan virgin oil tentu lebih bagus.. boleh.. ;-)

      Kurma boleh Anda berikan pada Fathan, hati-hati kadang ada kurma yang dilapisi manis gula. Maka carilah kurma yang bagus..

  11. arum June 30, 2011 at 5:11 am #

    nasi tim’ny itu u/ sekali makn ato gmn ya?

    • tipsbayi July 9, 2011 at 3:28 am #

      @ arum,

      Untuk porsi makan bagaimana kesiapan bayi Anda.. Tapi biasanya takaran standar porsi penyajian untuk usia 6 bulan adalah 6 sendok makan (matang), 7 bulan 7 sendok, 8 bulan 8 sendok.. Kalau terlihat kurang atau bayi Anda masih minta, maka Anda bisa tambah lagi.. ;-)

  12. linayanti March 18, 2011 at 10:24 am #

    Klo bayi usia 7.5 bulan sudah boleh diperkenalkan Daging sapi, Ayam, dan ikan ya sbgai tambahan Protein nya dalam bubur saringnya.
    Abis bingung sich, ada yg bilang bolehnya di usia 9 bulan.
    Thanks

    • tipsbayi July 9, 2011 at 3:22 am #

      @ linayanti,

      Telur bisa diberikan kepada bayi sejak umur 6 bulan, tetapi pemberiannya bagian kuning terlebih dahulu karena bagian putih telur dapat memicu reaksi alergi pada sebagian bayi.. begitu juga daging ayam atau sapi bisa dari 6 bulan..

      Untuki ikan, baik ikan air tawar maupun ikan laut seperti tuna, tengiri, makarel, dan kakap besar dapat diberikan kepada bayi Anda bila sudah berusia 9 bulan ke atas. Pengolahannya bisa ditim, dipanggang, ditumis, atau dipepes.. ;-)

  13. atiek January 9, 2011 at 5:26 pm #

    masih pro dan kontra nie sebenarny bayi mulai dikenalkan makanan tambahan mulai umur berapa sih makasi

    • tipsbayi January 18, 2011 at 4:17 am #

      @ atiek,

      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Jika setiap kali Anda mencoba menyuapkan makanan kepada si kecil dan lidahnya terus mendorong makanan tersebut keluar, berarti dia belum siap diberi MPASI. Kalau begitu, jangan dipaksa… ;-)

      Anda bisa kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan.html

  14. yoekya December 13, 2010 at 12:58 am #

    mba klo sayurnya ma buah n daging nya ngga fresh ..maksudnya dari pasar langsung diolah..tapi udah nginep di kulkas ngga papa kan buat baby …coz aku kan ngantor ngga sempet buat ke pasar everyday..thanks

    • tipsbayi January 18, 2011 at 4:15 am #

      @ yoekya,

      Nginep di kulkas.. boleh saja.. ;-)
      Hampir semua makanan bayi Anda bisa di simpan dalam freezer. Hanya untuk makanan yang mengandung nitrat tinggi saja yang dianjurkan untuk disajikan secara fresh misalnya bayam. Silahkan Anda baca artikelnya:

      http://www.tipsbayi.com/nitrat-dalam-sayuran.html

      Penyimpanan daging di dalam lemari pembeku (freezer) di dalam lemari es 1 pintu bisa bertahan selama 2 bulan, sedangkan dalam freezer di lemari es 2 pintu (pintu freezer terpisah) tahan selama 3-4 bulan.

      Dengan catatan selama sebelum penyimpanan daging tersebut diperhatikan kebersihannya.. ;-)

      Ada baiknya Anda membaca artikel terkait pada link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

  15. tipsbayi December 8, 2010 at 2:59 pm #

    @ mama aira ,

    Sebenarnya ada strawbery yang manis lho.. biasanya strawberi impor..

    Bagus sekali Aira suka buah.. BahkanUntuk konsumsi sayuran dan buah bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan 5 porsi kecil (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah.. Berikan dengan bertahap tentunya.. ;-)

  16. dinie December 2, 2010 at 7:57 am #

    apakah memanaskan mkanan bayi yg sudah dibekukan dengan alat pemanas listrik cukup aman (alat pemanas dot n makanan)???
    apakh hrus menggunakan kompor atau microwave

    • tipsbayi December 8, 2010 at 2:18 pm #

      @ dinie,

      Cukup aman kok.. ;-)

  17. mama aira October 17, 2010 at 5:19 am #

    dear tips,
    aira sekarng usianya 7bln dr usia 6bln dia seneng sekali makn buah stroberry padahalkan stroberry asem tp dia seneng bgt pertama kali makan dia bisa habiskan 3buah sekarang dia bs habiskan 10 buah tanp di blender.tips boleh kah anak sy diberi stroberry?dia paling suka makn buah.

  18. Eni September 26, 2010 at 5:09 pm #

    Anak saya sekrng dah 1th tp knp klo makan nasi suka diemut dan lama bngt ditelanya?Jadi sampai skarang mkanany msh saya blender pdhl sudah sy cb mkanan yg btekstur tp kyk mau dimuntahkan.

    • tipsbayi October 20, 2010 at 4:15 am #

      @ Eni,

      Bayi Anda perlu adaptasi dengan setiap makanan barunya. Ajarkan dengan cara mencontohkan bagaimana makan dengan cara mengunyah.. Faktor anak mengemut makan juga bosan, jadi variasikan makanannya..

      Sabar dan telaten.. ;-)

  19. tipsbayi September 22, 2010 at 2:33 am #

    @ irena,

    Mulai usia 6 bulan.. Anda sudah bisa memberikannya.. ;-)

  20. irena September 21, 2010 at 6:57 am #

    kaldu ayam gt boleh mulai dikasih pas umur brp yah??

  21. tipsbayi September 1, 2010 at 12:51 am #

    @ rokiah,

    Mungkin artikel berikut bisa membantu: http://www.surabaya-ehealth.org/content/tips-beri-asi-eksklusif-bagi-wanita-karier

  22. rokiah August 26, 2010 at 6:42 am #

    thanks, atas infonya….sangat bermanfaat bg saya…
    anak saya usianya udah 6 bulan…saya ibu yang sangat khuatiran melihat perkembangan anak…mungkin anak pertama.. skrng anak sy nggak suka minum ASI, dia lebih senang susu formula langsung dari dotnya..mungkin karena saya kerja kantoran, sering lama ditinggal dan ga’ kasih ASI, pulang dai kantor br kasih ASI…tp anak susah sekali mau minum ASI, dipaksa@ dulu baru mau…kasih donk tipsnya spy anak mau ASI lg…

  23. tipsbayi June 29, 2010 at 6:58 am #

    westy agrawanty:

    Masakan bubur atau tim untuk bayi boleh diberi bumbu masak alami. Contoh bumbu alami adalah bawang bombai, bawang merah, bawang putih, bawang daun, seledri, salam, serai, daun jeruk, kemangi, lengkuas, kunyit, kencur. Hanya saja untuk ini Anda perlu melihat dan menyesuaikan minat bayi Anda..

    Kalaupun Anda membubuhi makanan bayi Anda dengan bumbu alami jangan sampai terlalu merubah rasa hingga bisa saja bayi Anda malah menolak makanannya..

    Akan tetapi untuk pemberian garam sebaiknya jangan dulu.. Fungsi ginjal bayi Anda belum cukup matang untuk menyisihkan kelebihan mineral dalam garam dapur. Maka segala jenis menu dengan kandungan garam dapur, apalagi yang berlebihan, sebaiknya dijauhkan dari menu harian bayi Anda.

    Natrium sudah mencukupi dari bukan garam dapur, tubuh memang membutuhkan mineral natrium yang dapat diperoleh dari garam dapur, namun tak perlu mengonsumsi khusus garam dapur jika natrium yang terkandung dalam bahan makanan alami sudah mencukupi..

    Termasuk kecap, kita tahu garam dapur dalam kecap, kendati namanya kecap manis, kandungan garam dapurnya juga melebihi kebutuhan tubuh..

    Jadi sebaiknya Anda tunda dahulu pemberian garam atau bumbu sejenisnya pada makanan bayi Anda sampai bayi Anda berusia lebih dari 1 tahun.. itupun pemberiannya tidak boleh berlebihan.. ;-)

  24. westy agrawanty May 24, 2010 at 2:45 am #

    halo tips, bayiku skrg udh 7.5bln..
    Dia plg lahap mknx kalo pk kaldu ayam, tp kaldux aku bri daun salam,bwg putih, n seledri.. Bs nambah jd 1,5mangkok deh..
    Aku mo nanya pemberian bumbu pd mknn bayi ad bahayax gak?
    Tks tips..

  25. tipsbayi May 6, 2010 at 2:35 am #

    Ari:

    Jadi pendapat dokter anak Anda meskipun boleh tetapi hati-hati dengan jumlahnya ya..? Benar.. maka sebagian praktisi kesehatan berpendapat apabila bayi kita masih mau dengan rasa makanan tawar, tawar saja dulu.. Dan itu bisa terpengaruh oleh kebiasaan, apabila sudah dibiasakan rasa asin maka bayi kita akan menolak yang tawar.. ;-)

  26. Ari May 4, 2010 at 2:43 am #

    Sy konsultasi dgn dokter anak kami yg sudah senior. Mrt beliau pemberian garam pd makanan bayi tdk jadi masalah. Tentu dgn porsi yg sgt kecil.

  27. tipsbayi May 1, 2010 at 12:18 am #

    ola:

    Untuk pemberian garam sebaiknya jangan dulu.. Fungsi ginjal bayi Anda belum cukup matang untuk menyisihkan kelebihan mineral dalam garam dapur. Maka segala jenis menu dengan kandungan garam dapur, apalagi yang berlebihan, sebaiknya dijauhkan dari menu harian bayi Anda.

    Natrium sudah mencukupi dari bukan garam dapur, tubuh memang membutuhkan mineral natrium yang dapat diperoleh dari garam dapur, namun tak perlu mengonsumsi khusus garam dapur jika natrium yang terkandung dalam bahan makanan alami sudah mencukupi..

    Termasuk kecap, kita tahu garam dapur dalam kecap, kendati namanya kecap manis, kandungan garam dapurnya juga melebihi kebutuhan tubuh..

    Jadi sebaiknya Anda tunda dahulu pemberian garam pada makanan bayi Anda sampai bayi Anda berusia lebih dari 1 tahun.. itupun pemberiannya tidak boleh berlebihan.. ;-)

  28. ola April 29, 2010 at 3:00 am #

    boleh g bayi umur 7 bulan makananya di tambah gula ato garam?

  29. tipsbayi April 10, 2010 at 1:42 am #

    nayla:

    Boleh tiap hari. Meskipun sebaiknya difariasikan dengan buah-buahan yang lain. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi Anda 5 porsi kecil setiap hari (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah.. ;-)

  30. nayla April 9, 2010 at 11:05 am #

    mo nanya kalo jeruk baby boleh dikasih tiap hari ga?dosis untuk anak satu tahun brp ml?

  31. tipsbayi March 19, 2010 at 1:44 am #

    fast (faras ady sanyony):

    Terima kasih atas sarannya. Mudah-mudahan untuk artikel resep selanjutnya akan kami sertakan kandungan nutrisinya..

    Bayi Anda gak mau sufor? Itu bagus.. !
    Meskipun bayi Anda sudah mendapatkan MPASI (makanan pendamping ASI) akan tetapi makanan utama dan pertamanya masih ASI.

    Dengan memberikan ASI, kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

    ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

    Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun atau 2,5 tahun..

    Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya. Padahal dengan memberikan ASI, kesehatan dan kecerdasan sang bayi pun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

    Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

    Jadi pilih ASI atau sufor…? :-)

  32. tipsbayi March 19, 2010 at 1:35 am #

    baya:

    Kaldu tidak disaring gak apa-apa juga sih.. Selama tidak keras dan tidak ada keluhan Insya Allah gak apa-apa.. ;-)

  33. fast (faras ady santony) March 17, 2010 at 11:30 pm #

    kebtulan sekali,,,, bayi saya kurang suka mknan pendamping kemasan yg ada di toko. bayi saya jg ga mau minum susu formula, udah berbagai mcm merk susu tp ga ada yg cocok, dia lbh suka buatan ibunya, tp klo buat sendiri kan agak repot, aplg susunya sukanya netek terus, pdhal kan udh 7 bln, kan udh waktunya di beri pendamping asi. yg jd pmikiran saya apakah hal tsb tdk mempengaruhi bagi perkembangan badan dan otak si kecil nantinya? mohon saranya dong… trimakasih

  34. fast (faras ady sanyony) March 17, 2010 at 11:10 pm #

    trim’s buanyak, tp tlng dong klo bleh, dr resep2 yg di sajikan klo bs di jlaskn jg apa aja nutrisi/vitamin/apa aj yg terkandung di dlmnya dan apa aja manfaatnya. trimaksh

  35. baya February 22, 2010 at 5:41 am #

    dear tips,,air kaldu hrs d saring ya,,,selama ini saya engga pernah di saring,,nga pa2 aj kali y tips…btw anak saya BAB maksimal 2x sehari tpi sedikit dan agak berbentuk kotoranx tpi nga keras mnurut saya,,,seperti itu nga pa2 y tips

  36. lintang utari anggoro January 14, 2010 at 2:24 am #

    tq… resepna semoga putri kecilku menyukaina

  37. tipsbayi December 23, 2009 at 4:36 am #

    maya:

    Anda bisa memberikan buah-buahan yang rasanya manis, tekstur seratnya lembut dan tidak berbau menyengat. Seperti: Jeruk baby / jeruk medan, mangga manis, pisang, melon, alpukat, pepaya, pear, apel, dll.

    Sedangkan untuk sayuran Anda bisa memberikan sayuran 5 warna biru/ungu, hijau, putih/kecoklatan, kuning, merah..

    Berapa Banyak Dalam Sehari? Bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan 5 porsi kecil (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

    Untuk kesehatan yang optimal, dianjurkan agar bayi Anda mengkonsumsi Sayuran dan buah dengan beragam warna sebanyak 5 porsi kecil atau lebih adalah bagian penting dalam pola hidup sehat.. :-)

    Resep Tim Saring di atas bisa Anda berikan pada bayi Anda..

    Berikut ini salah satu jadwal pemberian MPASI untuk bayi yang bisa Anda ikuti:
    (jadwal ini adalah untuk bayi berusia 6-9 bulan dan diterapkan secara bertahap)

    Pukul 06.00 (bangun tidur)
    ASI/PASI

    Pukul 08.00 (makan pagi)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 10.00
    Buah segar/ biskuit (tidak mengandung susu sapi)

    Pkl. 12.00 (makan siang)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 14.00 (sebelum tidur siang)
    ASI/PASI

    Pkl. 16.00
    Buah segar/ biskuit (tidak mengandung susu sapi)

    Pkl. 18.00 (makan malam)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 21.00
    ASI/PASI

    Selamat mencoba :)

    Untuk takaran makan berikan sesuai kesiapan dan berikan dengan bertahap.. ASI bisa sesuai permintaan bayi Anda..

  38. tipsbayi December 23, 2009 at 4:32 am #

    alin:

    Benar bahkan sebaiknya Anda memberikan makanan barunya 3 sampai 6 hari. Dan setiap pemberian jenis makanan baru sebaiknya jangan lebih dari 1 macam. Agar lebih mudah melihat minat dan pengaruh dari makanan baru tersebut.. ;-)

    Untuk selanjutnya Anda bisa memfariasikan menu makanan bayi Anda dalam setiap minggunya agar tidak cepat bosan.

  39. maya December 22, 2009 at 3:24 pm #

    tolong tanya anak saya skrg umur 6 bulan.dia baru hari ini saya kasih bubur beras merah, dan jeruk medan.apakah boleh saa memberi dia mangga dan semangka?ksh tips dong buah apa saja yg baik buat hati saya??
    apakah sudah boleh anak saya makan tim saring daging? saya tolong dikasih saran donk jadwal makan utk si kecil?

    kalau pagi makan buah terlebih dahulu boleh atau tidak??
    thx…:)

  40. alin December 16, 2009 at 4:38 pm #

    saya pernah dengar info kalau memberi makanan pada bayi untuk pertama kali supaya terekam di otaknya di berikan minimal 3 hari berturut-turut, itu benar gak ? atau lebih baik memberikan makanan yg berganti-ganti setiap hari agar si bayi tidak bosan ? terima kasih ya sebelumnya

  41. tipsbayi October 20, 2009 at 4:00 am #

    Trias :

    Anda bisa melanjutkan pembuatan tim dari bahan nasi..
    Atau dengan cara membuat tim dengan perangkat panci presto, ini akan mempersingkat pembuatan tim.. Selamat mencoba ;-)

  42. Trias October 19, 2009 at 8:11 am #

    Tips klo masak tim agar mempersingkat waktu. beras kita ganti dg nasi langsung apa bisa? jadi tinggal merebus lauk pauknya klo sdh matang dicampur nasi trus di blender? atau ada cara lainnya? tq

  43. tipsbayi October 12, 2009 at 4:04 am #

    Trias :

    Pertama-tama hilangkan kulit dan lemak yang menempel pada tulang ayam. Setelah itu campurkan tulang ayam dengan dagingnya kemudian rebuslah dengan api yang kecil.

    Selama proses merebus, buanglah busa yang muncul pada permukaan air rebusan. Rebuslah bahan kaldu ayam ini selama dua jam lalu matikan api. Angkat air rebusan, saring dan buang ampasnya. Kaldu ayam yang Anda masak siap untuk digunakan sebagai bahan masakan bayi, kaldu ayam ini tidak memerlukan bumbu tambahan.. ;-)

  44. tipsbayi October 12, 2009 at 3:02 am #

    ummu ahmad :

    Mohonn maaf baru dijawab.. keselip.. :-)

    BAB kurang lancar maksudnya susah atau jarang? Apakah Anda memberikan jadwal makan buah-buahan setiap hari? Berikanlah bayi Anda jadwal makan buah minimal 1 waktu dalam sehari..

    Untuk masalah mengisap jempol ini memang KEBIASAAN beberapa bayi seumuran bayi Anda.., tetapi sebaiknya sebisa mungkin Anda alihkan dengan ASI saja, turunkan dengan perlahan tangan bayi Anda dari mulutnya dengan cara perlahan dan ajak berbicara lalu alihkan dengan ASI sampai bayi Anda tertidur.., mudah-mudahan dengan DIBIASAKAN begini maka KEBIASAAN mengisap jempol akan hilang.. ;-)

    Mudah-mudahan di lain kesempatan akan kami bahas secara mendalam masalah mengisap jempol ini.. Insya Allah..

  45. Trias October 10, 2009 at 12:43 pm #

    Bagaimana cara membuat kaldu ayam / daging yg benar? apa perlu ditambah bumbu? tq

  46. ummu ahmad September 29, 2009 at 4:08 am #

    sy udh cb memberi mkn sikecil (7 bln)sesuai dg jadwal yg diberikan. sejauh ini dia lahap2 sj. hanya BAB agak kurang lancar. apa karena sy menggunakan beras merah ya?atau karena kebanyakan?bayi saya jg suka sekali menghisap jempolnya.sebelum tidur ataupun ketika sedang bermain.apakah dibiarkan sj atau dilarang?kalau pas mau tidur dia minum ASI dl baru pingin ngisap jempol.kalau dicegah dia akan marah/nangis.bagaimana ya tinjauan psikologisnya?tlg dibahas dong….trims

  47. tipsbayi September 18, 2009 at 3:20 am #

    Memang perlu waktu bertahap untuk memberikan makanan kepada bayi karena organ pencernaan bayi belum tumbuh secara sempurna, jadi sebaiknya untuk bayi 6 bulan sayuran harus lebih matang daripada masakan orang dewasa, sayuran yang teksturnya kurang lembut agar dimasak lebih awal, misal kacang buncis harus agak lama rebusnya, dan pilih sayuran yang agak muda agar prosesnya bisa lebih cepat matang..

  48. tipsbayi September 18, 2009 at 3:15 am #

    vina :

    Tunggu saja resep berikutnya ya.. ;-)

  49. vina September 17, 2009 at 12:45 am #

    Untuk resepnya bagus juga tuch, tapi bisa ga dikasi lagi resep buat anak usia 1 tahuh keatas, karna usia anak saya uda meranjak 1 tahun dan sudah tidak makan nasi yg ditim lagi. kalo bisa resepnya lebih dari satu dong. thanks yach…

  50. reni September 13, 2009 at 6:29 am #

    mksi bt resepnya..

  51. tipsbayi September 12, 2009 at 3:53 am #

    dadan :

    Boleh.. :-)

  52. dadan September 10, 2009 at 1:02 am #

    anak ku umur 6bln sdh dikasih tim sayur dengan cara diblender halus kalau pake daging boleh g

  53. tipsbayi September 2, 2009 at 2:38 am #

    erni :

    Untuk bayi Anda yang 8 bulan boleh saja diberikan dengan kelembekannya yang disesuaikan, bila memang Anda sudah merubah secara bertahap kelembekannya hingga pada bubur tanpa saring boleh saja.., ingat rubahlah kelembekan makanan bayi Anda secara bertahap.. ;-)

  54. tipsbayi September 1, 2009 at 3:48 am #

    vita :

    Mencampurkan sayuran boleh saja asal jangan mengganggu rasa dan kayla tetap suka.., tetapi ada baiknya Anda variasikan sayuran setiap hari agar kayla tidak mudah bosan.. :-)

  55. erni September 1, 2009 at 3:44 am #

    Makasih menunya…. anakku 8 bulan boleh juga kan???
    kalau tidak disaring lagi pada usia 8 bulan boleh gak???
    makasih…..

  56. tipsbayi September 1, 2009 at 3:43 am #

    mamasheyla :

    Kalau bisa kurangi minum air putihnya, Anda bisa memberikan minum air putih setelah makan saja, lebih baik perbanyak minum ASI..

    Apabila menyusu dan makan masih mau serta tidak rewel Anda jangan terlalu khawatir, sepertinya dikarenakan aktifitas bayi Anda bertambah (belajar berdiri) maka berat badan akan sedikit lambat naiknya.. :-)

    Beratnya berapa?

  57. tipsbayi September 1, 2009 at 3:25 am #

    ummu ahmad :

    Tehnik atau cara memasak makanan bayi dengan biasapun boleh saja asal kekenyalannya sama dengan tim, hanya untuk sayuran dimasukan jangan dari awal, kira-kira bahan dasar sudah hampir matang maka sayuran boleh dimasukan, untuk campuran ASI atau sufor dimasukan terakhir atau bila akan disajikan..

    Contoh jadwal makan bayi 7-8 bulan :

    Pukul Pemberian Makanan

    08.00 Biskuit/Bubur susu
    10.00 Buah
    12.00 Bubur saring
    14.00 Bubur susu
    18.00 Bubur saring

    Pemberian ASI atau sufor minimal 4 kali,

  58. tipsbayi September 1, 2009 at 2:59 am #

    Anis Fidiyaningrum :

    Normal kok.., memang kebiasaan bayi seumuran gitu senang ngemot jempol, asal Anda batasi dengan mencegahnya perlahan tangan bayi Anda diturunkan dari mulutnya sambil mengajak bicara.. :-)

  59. vita August 31, 2009 at 5:17 am #

    anakku kayla suda sering saya kasih daging giling dari mulai usia 6 bulan awalnya saat usia 6 bulan saya hanya ambil kaldu dari daging giling tsb tapi stelah 7 bulan saya baru mencampur daging giling dengan berbagai campuran sayuran ( brokoli+Jagung manis+wortel atau jagung manis +kacang merah+bayam) terkadang saya campur dengan keju. Apa boleh mencampurkan berbagai macam sayuran ? sampai saat ini kayla suka dengan menu yg saya berikan tersebut skrg usia nya sudah mau 10 bln

  60. mamasheyla August 31, 2009 at 12:43 am #

    anakku sheyla sekarang umurnya 8 bulan kuat banget minum air putih,makannya sedikit2 tapi sering so minum ASInya jd berkurang…tapi kalo malem kuat sih, tp berat badannya ko tetep aja???? sekarang lg belajar berdiri…

  61. ummu ahmad August 29, 2009 at 3:26 am #

    terimakasih atas krman resepnya..apakah cara memasak dg me-tim bs diganti dg memasak seperti biasa?apakh berkurang kandungn gizinya?boleh minta jadwal mkn bayi 7 bln… : ) trims

  62. Anis Fidiyaningrum August 28, 2009 at 12:02 am #

    Bagus tuh resepnya….. aq juga pernah coba, tapi gak pakai daging, tapi tempe dan sayur bayam. Bayiku yang 6 bulan seneng lho….
    Numpang nanya nih. Bayiku (Aghni) suka sekali ngemut jempol menjelang tidur. Masih normalkah? Thanks ya atas jawabannya

  63. ani August 27, 2009 at 4:03 am #

    terima kasih atas kiriman resepnya, kalo babyku dah lahir dan besar akan aku coba… ditunggu resepnya yg lain ya…… :)

  64. tipsbayi August 27, 2009 at 3:23 am #

    jack :

    Tidak harus dinebulizer, nebulizer untuk mereka yang sedang mengalami serangan asma parah, apabila Anda konsultasi dengan dokter/ bidan biasanya dokter/ bidan akan menyedot dengan alat khusus..

  65. susi August 27, 2009 at 2:41 am #

    bayi umur 9 bulan boleh pake tomat ya??? bukannya tomat itu asam bu?? aman kah??
    bayi saya pertama kali diberi makan tim saring daging dll langsung mencret2 knp ya bu?? ada yg bisa bantu?
    Makasih

  66. jack August 26, 2009 at 4:43 am #

    tq atas tips2nya,anak sy yg kedua usia 2 bln kalo tdur spt ngorok tp suara yg di keluarkan spt ada lendir yg dilewati udara yg dikeluarkannya,sdh ke dokter anak tp suara lendir itu tetap ada,apakah perlu di nebulizer?(istilahnya benerkan?)

  67. tipsbayi August 26, 2009 at 4:29 am #

    ami :

    Untuk mengatasi anak yang susah makan,

    * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan anak Anda.

    * Selain memberikan jadwal waktu makan bagianak Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Anda.

    * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

    * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda.. :-)

    * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya ..

    * Anda juga bisa mencoba untuk memberikan kesempatan pada anak Anda untuk melatih makan dan minum sendiri dengan bimbingan Anda, berantakan tidak apa-apa.. :-)

  68. tipsbayi August 26, 2009 at 3:57 am #

    Dian :

    Sayuran berbentuk seperti timun tetapi kulitnya agak kasar dalamnya putih lembut, bila di potong-potong maka akan terlihat bentuknya bukan bulat tapi seperti bintang.., kurang lebih begitulah.. ;-)

    Tanya di pasar pasti mereka pada tahu kok.. :-)

  69. ami August 26, 2009 at 3:31 am #

    trmksh atas info-a,anakku berumur 3 tahun 3 bulan,selama ini susah sekali makan untuk umur anakku bisa kita berikan ?

  70. Dian August 25, 2009 at 5:06 am #

    oyong itu apaan ?

  71. tipsbayi August 25, 2009 at 4:31 am #

    nana :

    Memang bayi Anda makannya masih tim saring? :-) Bisa saja sih.., atau sebaiknya berikan sedikit kental jangan diblender..

  72. tipsbayi August 25, 2009 at 4:28 am #

    asya :

    Asal menteganya jangan terlalu banyak dan cari yang yang bagusan, plain bagus.. ;-) Oyong diganti brokoli bisa juga..

  73. tipsbayi August 25, 2009 at 4:08 am #

    feibi :

    Untuk umur 7 bulan bisa.. :-)

  74. nana August 25, 2009 at 4:07 am #

    thanks, klo umur 11 bulan bisa gak ? anakku udah 11 bulan..

  75. afri August 25, 2009 at 3:49 am #

    terima kasih tips, resep ini telah saya praktikan sejak anaka saya berumur bulan, dan dia menyukainya…buat ibu2 yang masih bingung mencari alternatif buat makanan bayinya, resep ini bisa dicoba.

  76. asya August 25, 2009 at 3:27 am #

    Tq untuk tipsnya ya.. Pertanyaanku emg bayi sudah bs dberi mentega ya? Apa tidak sbaiknya plain aja? N kl oyongnya dganti brokoli gmn? Thx ya..

  77. feiby August 25, 2009 at 3:01 am #

    thx untuk tips nya yach,.. btw resep ini bisa untuk bayi 7 bln ga? thx

Leave a Reply