Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Ayam dan Keju

Bingung harus membuat makanan apa lagi untuk bayi Anda yang berusia 6 bulan? Nah, silahkan coba menu berikut ini… mudah kok membuatnya.

Bahan-bahan:

  • beras 20g
  • daging ayam 25g
  • tempe, buncis, tomat @ 25g
  • keju parut 10g
  • air 625cc

Cara Memasak:

1. Potong tomat serta buncis kecil-kecil

2. Masukkan air ke dalam beras yang telah dicuci bersih

3. Rebus beras tersebut, dicampur dengan daging ayam dan tempe

4. Aduk hingga menjadi bubur

5. Masukkan potongan buncis dan tomat hingga matang

6. Setelah matang, tambahkan keju yang telah diparut

7. Dinginkan

8. Haluskan dengan saringan kawat

Tidak ada artikel yang berhubungan.

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

, , , , , , , , ,

255 Responses to Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Ayam dan Keju

  1. Mommy Aby September 22, 2014 at 4:53 am #

    Dear dokter yang baik,

    Anak saya usia 7 bulan. Sejak 6 bulan, saya berikan mpasi tepung tepungan dicampur buah. Untuk usia 7 bulan ini, saya ingin memberikan tim saring 1x sehari. Ingin memberi salmon/hati ayam, tapi khawatir memicu alergi. Ada saran dok?

    Makasih sebelumnya dok…

    • tips-bayi October 29, 2014 at 2:10 am #

      Mommy Aby,

      Bubur susu plus buah sudah mau ya.. Bagus.. Jangan lupa masih pertahankan ASI nya ya.. ;)

      Ya benar.. Ikan, terutama yang bertulang, dikenal sebagai pencetus alergi pada bayi. Bahkan seringkali dianjurkan untuk memberikan ikan hanya jika bayi berusia 1 tahun. Ada yang menyarankan untuk menunggu hingga usia 3 tahun. Namun ada juga yang menyatakan bahwa ikan aman dikonsumsi bayi berusia 9-10 bulan. Alasan lain menunda pemberian ikan pada bayi adalah kandungan merkuri yang mungkin terdapat pada ikan. Saat pertama kali mengenalkan ikan, penting untuk memilih tipe ikan berdaging putih. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter anak Anda sebelum Anda memberikan ikan, terutama kerang-kerangan..

      Akan tetapi jika sudah diketahui tidak ada riwayat alergi pada keluarga, usia 7 bulan Bunda sudah bisa mencobanya.. ;)

  2. anastasia lawi June 23, 2014 at 3:35 am #

    dok. bayi ku usianya 6 bulan, dia sangat susah makan bubur tim buatan ku, di lidahnya ada putuh-putih tebal seperti bekas susu, apa yang bisa dilakukan agar lidahnya kembali bersih.

    • tips-bayi July 7, 2014 at 4:55 am #

      anastasia lawi,

      Disertai dengan rewel Bun..? Jika ya.. itu bisa saja jamur atau sariawan. Sebetulnya sariawan bisa sembuh sendiri. Namun sariawan karena jamur harus diobati dengan obat anti-jamur. Biasanya memakan waktu penyembuhan sekitar seminggu.

      Lidah bayi yg baru lahir tidak perlu di bersihkan Bu. Jika teralu banyak di bersihkan akan mengganggu fungsinya (dalam hal perasaan makanan). Jika perlu, atau lidah sudah sangat putih, sebaiknya anda membersihkan mulutnya dengan menggunakan air hangat. Pastikan suhunya tidak terlalu panas dan melukai kulit bayi yang masih sensitif. Anda dapat menggunakan kasa steril yang sudah dibasahi dengan air hangat kemudian bersihkan pada bagian mulut bayi dengan cara mengusapnya secara halus dan perlahan.. ;)

  3. Fitri December 22, 2013 at 1:42 pm #

    dok,anak saya umur 6 bln perkembangannya belum tengkurap total atau msh menangis klo dy tengkurap sendiri. sedangkan ada 2 gigi yg akan mulai tumbuh d bagian bawah. menurut dokter apa makanan ppertama untuk anak saya agar lebih aktif lagi dan untuk pertumbuhan tulang-tulangnya agar kuat dia dalam tengkurap,merambat dan lainnya. trism dokter.

    • tips-bayi January 7, 2014 at 3:48 am #

      Fitri,

      Belum bisa tengkurap tidak apa-apa, sudah tumbuh 2 gigi bagus Bun..
      Makanan pertama sebaiknya bubur susu tepung beras. Masih tetap diberikan ASI kan..? Pertahankanlah ASI dan berikan makanan gizi lengkap. Rajin dan telatenlah memberikan rangsangan pada bayi Anda. Konsultasikan dengan DSA yang biasa menangani bayi Anda. :)

      Untuk resep makanannya Bunda bisa coba..!

  4. attin hilda September 24, 2013 at 1:06 pm #

    dok ..
    Anak saaya umur ?yå mau 7 bln , smnjak sakit anak saya susah sekali makan , saya jadi khawatir ,

    Solusinya bagaimana Y?ªª? dok ? Agar anak saya tidak susah makan ,

    • tips-bayi September 28, 2013 at 3:48 am #

      attin hilda,

      Belum lama sakitnya..? Sepertinya memang masih belum enak makan Bun.. :)

      Coba Bunda berikan menu-menu alternatif dengan porsi-porsi kecil, berikan dengan variatif dan terus pertahankan pemberian ASI nya Bun..

      Selain memberikan menu yang variatif .. Untuk mengatasi bayi Bunda yang susah makan atau kurang nafsu makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Bunda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Bunda yang paling dekat dengan anak Bunda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Bunda, penting bagi orang tua untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Bunda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Bunda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Bunda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Bunda atau orang yang biasa menyuapi anak Bunda..

      * Pintar-pintarlah Bunda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Bunda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Bunda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Bunda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Bunda akan berterima kasih suatu hari nanti !

  5. has izah April 12, 2013 at 3:54 am #

    anak saya umur 8 bulan tiapi berat dia hanya 5.9 adakah ni di kurang berat badan sebab dia dah pandai berdiri.

    • tipsbayi April 12, 2013 at 12:59 am #

      BB-nya sudah di ambang batas bunda… usahakan gizi asupannya ditingkatkan.

  6. putri calysta April 3, 2013 at 2:53 am #

    saya mau tanya boleh tidak bayi usia 7 bulan di berikan goat cheese ? tq

  7. heni February 14, 2013 at 5:57 am #

    aq mw tanya….baby aq umur 6 bulan 4hari berat badannya 8.3kg n tingginya 71cm…
    normal atau tidak untuk bb n tb seumur dy???
    anak aq ga asi,,,dr 2 bulan sudah ga asi n minumnya susu soya
    kira2 sampai umur brapa bayi ntu alergi susu sapi coz aq was-was juga klo harus minum soya terus.

    • tips-bayi February 15, 2013 at 5:25 am #

      heni

      BB bayinya NORMAL kok …karena termasuk BB ideal untuk bayi Indonesia… tinggi badannya termasuk ideal dengan BBn dan usianya,

      Sudah ga ASI ya…?

      Jangan khawatir Bun… kasus alergi susu umumnya akan hilang saat anak berusia satu tahun ke atas atau sudah berusia 15 tahun. Menurut data, sebanyak 56 persen bayi yang sebelumnya menderita alergi susu, sudah menjadi toleran ketika berumur satu tahun. Sedangkan pada umur 15 tahun, 95 persen anak sudah tidak menderita alergi susu lagi..

      • ria May 18, 2014 at 2:36 am #

        Dok..ak mau tanya! Anak aku umur 11bulan udh hampir 12 bulan tp koo giginya belum tumbuh juga ya!tapi untuk hal2 lainnya seperti merambat atau apa gtu sudah cepat merespon….tp untuk giginya aja yg belum Itu gmn ya dok,, kira2 apa ya yg bisa merangsang tumbuh giginya
        ???????? dok..

        • tips-bayi May 30, 2014 at 1:16 am #

          ria,

          Oh.. jangan khawatir Bun.. Masih normal, perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda termasuk pertumbuhan gigi. Pertumbuhan gigi pada setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan gigi yang sama, meskipun kakak beradik sekalipun. Faktor keturunan sangat berpengaruh.

          Apabila pada usia 14 bulan belum ada tanda tumbuh gigi barulah Bunda konsultasi dengan dokter ahli gigi.. Bunda tidak harus mencari perangsang tumbuh gigi.. Tunggu saja, jika sudah waktunya akan tumbuh juga kok.. ;-)

          Apalagi perkembangan lainnya terlihat cepat, Bunda jangan khawatir..

  8. bunda aika January 30, 2013 at 2:44 pm #

    Mau tanya ya tips… :-)
    Klo menu diatas,sayurannya diganti jagung manis bs gk ya?
    Boleh gk seh klo msh umur 7 bulan sayurannya termasuk jagung manis jg?
    Jg gk cuma wortel,bayem,buncis aja..
    Tolong dijawab ya tips. Makasih :-D

    • tips-bayi February 5, 2013 at 10:59 pm #

      bunda aika,

      Fariasi bagus Bun.. Bisa.. Bisa Bunda berikan jagung manis tapi jangan lupa disaring ya.. ;-)

  9. Bunda Nara January 7, 2013 at 9:39 am #

    Hai bun, saya mau tanya…di usia berapa bulan bayi sudah boleh diberi keju? keju yg bagaimana dan apa manfaatnya? Saya pernah baca di suatu buku, Bayi baru boleh di beri produk turunan susu di atas usia 8 bulan..mohon penjelasannya. Thank you

    • tips-bayi January 10, 2013 at 4:37 am #

      Bunda Nara,

      Kalau memang bayi Anda tidak alergi dan senang boleh saja dari usia 6 bulan Anda memberikan keju sedikit-sedikit.. Dan jenis keju yang boleh diberikan pada bayi kita adalah cheddar, parmesan dan mozarella, dan memang ada juga keju yang dibuat khusus untuk bayi yang taste nya tidak terlalu kuat.. Dan juga batasi hingga 1 slice keju setiap hari (maksimal)..

      Anda bisa baca artikel berikut..

      http://www.tipsbayi.com/index.php/pemberian-keju-untuk-bayi-boleh-tidak

  10. mom's kyran December 24, 2012 at 3:12 am #

    hayyy dok..
    sy mau nanya, bayi sy kn skrng umurnya udh 6bln, selama ini sy hny memberikannya asi sajja. krn skrg umur ny udh 6bln sy mau ngasih MPASI. yg mau sy tnyakan MPASI yg pertama bwt bayi yg br mengenal mkanan apa yah dok???? Bubur bayi kh ato nasi tim saring kh? dan boleh kh saya menambahkan sufor bwt by sy krn sy bekerja dok.
    tx atas jwbannya…. :)

    • tips-bayi December 26, 2012 at 2:33 am #

      mom’s kyran

      Untuk makanan pertamanya Bunda bisa kenalkan bubur susu atau pure buatan Bunda sendiri.. Usahakan rasanya tidak terlalu jauh dari rasa makanan pokok sebelumnya ASI..

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Bunda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Bunda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan..
      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

      Boleh saja Bunda menambah sufor… tapi konswekwesinya ASI bunda akan berkurang.. Karena produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi.

      Meskipun susu formula terlihat bisa mengganti ASI, akan tetapi Susu terbaik untuk bayi Adalah ASI.. Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun

      Bunda bisa baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

      Saran kami kalau Bunda bekerja..? Sebenarnya Bunda masih bisa memberikan ASI saja tanpa sufor meskipun Bunda sibuk bekerja di luar rumah.. Bunda bisa memerah/ memompa ASI Bunda ketika Bunda sedang dirumah, simpan ASI perahan pada botol di lemari es atau freezer, berikan ASI tersebut pada bayi Anda oleh anggota keluarga yang lain ketika Bunda tidak sedang dirumah. Jangan lupa hangatkan terlebih dahulu ASI tersebut, dengan cara merendamnya di wadah yang berisi air panas..

  11. Catherine December 7, 2012 at 4:37 am #

    dear tipsbayi,

    mohon infonya,
    1. Bagaimana cara menyimpan bubur saring yang dibuat pagi, dan msh bisa dimakan pada sore hari, krn saya bekerja?
    2. Bagaimana cara menghangatkannya kembali?
    3. Bolehkah, tepung kacang hijau dicampur dgn pepaya?
    4. Bolehkah bubur tim yang masih panas langsung diblender?
    trm kasih.

    • tips-bayi December 8, 2012 at 1:49 am #

      Catherine,

      1. Bunda bisa menyimpannya dalam lemari es.

      2. Bunda hangatkan dengan cara merendam tempat yang ada bubur saringnya di wadah yang berisi air panas. Atau bisa juga dikukus sebentar saja.

      3. Boleh saja.. Berarti pertama Bunda membuat bubur kacang hijau terlebih dahulu ya.. kemudian jika sudah siap saji bisa dicampur pepaya.. Perlu dicoba dulu apakah buah hati kita menyukainya..?

      4. Boleh saja.. Bunda blender tim yang masih panas..

  12. anisa November 13, 2012 at 6:56 am #

    mau tanya babyq umur 8 bulan sekarang sudah aq beri tim saring tapi lebih sering aq blender…yang mau aq tanyakan boleh ga makanan baby qta di campur minyak zaitun???

    • tipsbayi November 13, 2012 at 7:52 am #

      @anisa,

      Bisa ditambah minyak zaitun extra virgin yang tidak dimasak, tapi dicampur langsung pada makanan bayi.

  13. ivon August 31, 2012 at 3:22 pm #

    Sy ??ü tanya baby sy usianya 4bln 18hr,
    Beratnya normal/over ya,apakah d usia trsb
    Boleh dksh MPASI?dok,baby sy tumbuh bisul
    dibelakang kepalanya apakah blh dksh makanan
    Yg A??ª campuran telurnya?sy prnh mndengar
    Kalau anak bisulan tdk blh dksh telur,terima kasih

    • tips-bayi September 11, 2012 at 1:40 am #

      @ ivon,

      Hmm.. iya memang BB bayi Anda lebih ya.. itu berat ideal untuk bayi usia 10 bulan. Oh ya TB-nya berapa..? Kalau ideal dengan tingginya tidak masalah.. :-)

      Jika orang tuanya gemuk, kemungkinan anaknya gemuk 40%. Jadi berarti ada 60% faktor lain penyebab gemuk seperti lingkungan, gaya hidup, asupan gizi, dan pengeluaran kalori.

      Seorang bayi menjadi overweight karena intake-nya lebih. Kalau masukannya lebih, tentu harus disimpan dalam bentuk kenaikan berat badan.

      Jadi.. sebaiknya pertahankan ASI sampai bayi Anda berusia 2 atau 2,5 tahun dan tunda pemberian MPASI sampai usia 6 bulan.. dan buat pola makan yang baik dengan menu buatan sendiri.. Itu cara mencegah obesitas.. Karena pemberian MPASI terlalu dini (dibawah 6 bulan) bisa membuka peluang obesitas..;-)

      Bisul.. Bisul sendiri sebenarnya hanyalah sebuah istilah. Jadi, lain daerah bisa lain pula menyebutnya. Akan tetapi secara medis, “Bisul adalah suatu peradangan pada kulit yang biasanya mengenai folikel rambut dan disebabkan oleh kuman staphylococcus aureus.”

      Bisul dapat disebabkan oleh banyak hal, antara lain alergi terhadap protein pada makanan tertentu, ketidakseimbangan hormonal, dan invasi bakteri ke jaringan kulit. Kemungkinan adanya peran alergi dalam kasus ini tak dapat disingkirkan. Anda bisa mencoba ganti sufor kemungkinan besar ini merupakan proses alergi..

      Kalau dari segi kebersihan lingkungan, kami yakin bersih.. Hati-hati dengan apa yang Anda konsumsi. Hindari Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG atau makanan yang mengandung senyawa kimia yang kurang baik..

      Kemungkinan lainnya biang keringat. Biang keringat ini biasa terjadi akibat tersumbatnya kelenjar keringat, jadi solusinya:
      * Mandi secara teratur dan keringkan dengan handuk lembut.
      * Ketika berkeringat, seka badan dengan lap basah dan keringkan kembali dengan handuk kering.
      * Gunakan baju yang berbahan katun dan nyaman dipakai (tidak terlalu sempit), untuk mengurangi panas.
      * Jagalah ventilasi ruangan, agar pertukaran udara berlangsung lancar dan lebih sejuk..

      Untuk petunjuk penggunaan obat atau salep dan untuk lebih jelasnya sebaiknya Anda bawa bayi Anda ke DSA agar bisa diperiksa dan mendapat diagnosa dengan tepat.. ;-)

      Dan sebaiknya Anda tunda pemberian MPASI pada bayi Anda sebelum usia 6 bulan, termasuk telurr..

  14. ivon August 28, 2012 at 9:50 am #

    Oh ya dok,sy tanya lagi ya,baby saya tumbuh bisul d belakang kepalanya
    Apabila MPASI dicampur dg telur/kuning telur boleh/tdk,krn sy
    Prnh mndengar kalau anak bisul tdk boleh mkn telur,thanks

    • tips-bayi September 5, 2012 at 2:27 am #

      @ ivon,

      Bisul.. Bisul sendiri sebenarnya hanyalah sebuah istilah. Jadi, lain daerah bisa lain pula menyebutnya. Akan tetapi secara medis, “Bisul adalah suatu peradangan pada kulit yang biasanya mengenai folikel rambut dan disebabkan oleh kuman staphylococcus aureus.”

      Bisul dapat disebabkan oleh banyak hal, antara lain alergi terhadap protein pada makanan tertentu, ketidakseimbangan hormonal, dan invasi bakteri ke jaringan kulit. Kemungkinan adanya peran alergi dalam kasus ini tak dapat disingkirkan. Anda bisa mencoba ganti sufor kemungkinan besar ini merupakan proses alergi..

      Kalau dari segi kebersihan lingkungan, kami yakin bersih.. Hati-hati dengan apa yang Anda konsumsi. Hindari Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG atau makanan yang mengandung senyawa kimia yang kurang baik..

      Kemungkinan lainnya biang keringat. Biang keringat ini biasa terjadi akibat tersumbatnya kelenjar keringat, jadi solusinya:
      * Mandi secara teratur dan keringkan dengan handuk lembut.
      * Ketika berkeringat, seka badan dengan lap basah dan keringkan kembali dengan handuk kering.
      * Gunakan baju yang berbahan katun dan nyaman dipakai (tidak terlalu sempit), untuk mengurangi panas.
      * Jagalah ventilasi ruangan, agar pertukaran udara berlangsung lancar dan lebih sejuk..

      Untuk petunjuk penggunaan obat atau salep dan untuk lebih jelasnya sebaiknya Anda bawa bayi Anda ke DSA agar bisa diperiksa dan mendapat diagnosa dengan tepat.. ;-)

      Dan sebaiknya Anda tunda pemberian MPASI pada bayi Anda sebelum usia 6 bulan.

  15. ivon August 28, 2012 at 9:00 am #

    Baby sy usia 4bln 18 hari,,bb 9.2kg apakah normal/over ya?
    Apakah d usia sgitu boleh dkasih MPASI ?soalnya baby ku
    Kalau melihat sy mkn suka mengunyah sndiri/mnjilat bibirnya
    Boleh kah sy coba?

    • tips-bayi September 5, 2012 at 1:56 am #

      @ ivon,

      Hmm.. iya memang BB bayi Anda lebih ya.. itu berat ideal untuk bayi usia 10 bulan. Oh ya TB-nya berapa..? Kalau ideal dengan tingginya tidak masalah.. :-)

      Jika orang tuanya gemuk, kemungkinan anaknya gemuk 40%. Jadi berarti ada 60% faktor lain penyebab gemuk seperti lingkungan, gaya hidup, asupan gizi, dan pengeluaran kalori.

      Seorang bayi menjadi overweight karena intake-nya lebih. Kalau masukannya lebih, tentu harus disimpan dalam bentuk kenaikan berat badan.

      Jadi.. sebaiknya pertahankan ASI sampai bayi Anda berusia 2 atau 2,5 tahun dan tunda pemberian MPASI sampai usia 6 bulan.. dan buat pola makan yang baik dengan menu buatan sendiri.. Itu cara mencegah obesitas.. Karena pemberian MPASI terlalu dini (dibawah 6 bulan) bisa membuka peluang obesitas..;-)

  16. Momnya Putra July 27, 2012 at 3:43 am #

    semua tips ini, buat 6 bulan smpe umur berapa ya……….

    • tips-bayi August 25, 2012 at 1:38 am #

      @ Momnya Putra,

      Untuk tim saring bisa sampai usia 8 bulan.. ;-)

  17. mama fidellia July 21, 2012 at 4:54 am #

    dear tips-bayi
    Diatas ada resep bubur susu, bisa tidak ya kalo saya menambahkan sufor ke bubur tim bayi saya karena setau saya sufor tidak boleh diberikan setelah 2 jam karena akan ada bakteri yg timbul sedangkan saya membuat bubur tim 1x untuk sehari dengan porsi makan 3 kali makan (pagi,siang,sore).jika tidak boleh tolong berikan alternatif lainnya karena bayi saya agak kurang suka dengan air susu sedangkan saya bekerja itu jadi dilema buat saya
    tq

    • tips-bayi August 14, 2012 at 2:24 am #

      @ mama fidellia,

      Bisa.. Anda bisa membubuhkan jatah sufor bayi Anda..

      Bayi Anda tidak suka sufor tapi lebih suka ASI..?
      Anda bekerja..? Sebenarnya Anda masih bisa memberikan ASI saja tanpa sufor meskipun Anda sibuk bekerja di luar rumah.. Anda bisa memerah/ memompa ASI Anda ketika Anda sedang dirumah, simpan ASI perahan pada botol di lemari es atau freezer, berikan ASI tersebut pada bayi Anda oleh anggota keluarga yang lain ketika Anda tidak sedang dirumah. Jangan lupa hangatkan terlebih dahulu ASI tersebut, dengan cara merendamnya di wadah yang berisi air panas.. :)

  18. arul July 16, 2012 at 3:08 pm #

    bagus bgt….makasih atas semua infonya… :-)

  19. Mama Kevin June 23, 2012 at 1:33 am #

    Dear Tips bayi,

    Saat ini anak saya berumur 7 bulan, dari usia 6 bulan saya sudah berikan bubur saring, wortel,labu dan keju cheddar yang single.
    Yang mau saya tanyakan selama ini wortel dan labu saya blender lalu saya masak bersama bubur, apakah masalah wortel dan labu di blender bersamaan dan dimasak bersama bubur?
    Keju cheddar yg saya gunakan keju single dan biasanya saya gunakan 1.5 slice dan dimasak bersama dg wortel,labu dan beras sampai menjadi bubur baru disaring. Apakah boleh keju cheddar dimasak?

    Apakah aman memberikan ati ayam/ sapi? Mengingat kegunaan hati sebagai penyaring racun dalam tubuh?

    Terima kasih sebelumnya utk jawabannya.

    • tips-bayi July 5, 2012 at 2:17 am #

      @ Mama Kevin,

      * Wortel dan labu tidak masalah digabung, hanya saja apakah bayi Anda tidak masalah dengan rasanya..? ;-)

      * Keju adalah produk turunan dari susu, jadi perlakuannya hampir sama dengan susu hanya lebih awet tentunya. Maka sebaiknya untuk mempertahankan kwalitas kandungan keju, sebaiknya jangan terlalu lama Anda memasaknya. Bubuhkan diakhir-akhir memasak..

      * Anda bisa mengganti ati sapi dengan ati ayam, atau sebaliknya

      Hati ayam atau sapi, mengandung vitamin-vitamin A, B1, B2 dan C serta zat mineral seperti besi, fosfor dan kalsium, bagi mereka yang kurang darah, daya lihatnya kurang baik, hipoplasia, dan badan lemah cocok makan hati ayam.. Tidak apa-apa kok.. ;-)

  20. etty June 13, 2012 at 7:24 am #

    ank sy suka muntah kl dksh bubur, pdhl buburnya cm 1 sndk kcl n dicampur sm susux truz diaduk sm air sampe’ encer bgt kyk air. kira2 apa penyebabnya n solusinya?????

    • tips-bayi June 22, 2012 at 3:11 pm #

      @ etty,

      Berapa bulan usia bayi Ada ya..?

      Muntah atau dimuntahkan..?

      Jika dimuntahkan, sepertinya bayi Anda hanya belum biasa saja. Jadi untuk perubahan tekstur dan menu.. sebaiknya Anda lakukan dengan bertahap. Untuk membiasakan dengan makanan tekstur agak keras, Jika bayi Anda sudah bisa memegang makanan, Anda sudah bisa perkenalkan Finger Food, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil dan sayuran rebus.. ;-)

      Jika muntah, berikut penyebab bayi muntah selain karena batuk berdahak:

      - Tanda Alergi
      Pada umumnya gejala dan tanda yang ditimbulkan akibat alergi susu sapi dibagi atas Reaksi cepat yaitu dalam 45 menit setelah paparan, berupa: erupsi pada kulit, bersin-bersin, batuk, hidung berair, ngorok. Reaksi lambat (terjadi dalam 20 jam) setelah paparan berupa diare, pucat, muntah. Reaksi sangat lambat (setelah 20 jam) berupa diare, gejala gangguan pernafasan..

      - Pemakainan gurita.
      Kalau bayi Anda masi memakainya, coba lepas saja.

      - Posisi menyusui atau makan
      Sering ibu menyusui sambil tiduran dengan posisi miring sementara si bayi tidur telentang. Akibatnya, cairan tersebut tidak masuk ke saluran pencernaan, tapi ke saluran nafas. Bayi pun muntah. Karena itu, kalau menyusui, posisi bayi dimiringkan. Begitu juga ketika memberi makan kepalanya harus lebih tinggi dari kaki sehingga membentuk sudut 45 derajat. Jadi cairan atau makanan yang masuk bisa turun langsung ke bawah..

      - Tersedak

      - Lambung yang penuh juga bisa bikin bayi gumoh. Ini terjadi karena makanan yang terdahulu belum sampai ke usus, sudah diisi makanan lagi. Akibatnya si bayi muntah. Lambung bayi punya kapasitasnya sendiri. Misalnya bayi umur sebulan, ada yang sehari bisa minum 100 cc, tapi ada juga yang 120 cc. Nah, si ibu harus tahu kapasitas bayinya. Jangan karena bayi tetangganya minum 150 cc lantas si ibu memaksakan bayinya juga harus minum 150 cc, padahal kapasitasnya cuma 120. Jelas si bayi muntah…

      Ada baiknya juga Anda kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/kolik_bayi.html

  21. dhinar May 13, 2012 at 1:59 pm #

    hai.. hai… my baby skrg usia 6bln bb na masih 6,6kg… pola makanan aku buat:
    6.00: bubur susu
    8.00: susu
    10.30: susu
    12.00: pisang
    14.00:susu
    16.00:susu
    17.00: tim saring
    19.30:susu
    apa mungkin jadwal makan yang salah ya… baby ku sampe sekarang kok bb na cuma naik dikit… gimana dengan pemberian tim saring terlalu dini… terimakasih… aku tggu ya jwbnnya…

    • tips-bayi May 18, 2012 at 6:43 am #

      @ dhinar,

      BB bayi Anda termasuk termasuk NORMAL.. karena termasuk 90% BB normal untuk bayi Indonesia..

      Untuk jadwalnya..sudah bagus, jika sudah berjalan dengan baik teruskan saja tidak mengapa.. :-)
      Jika nantinya ingin ditambah, jam 10.30 untuk jadwal makan buah, 12.00 tim saring atau bubur susu. Tingkatkan porsi dan tekstur secara bertahap..

      Pemberian MPASI terlalu dini (dibawah 6 bulan) bisa membuka peluang obesitas..

  22. mama alvito April 8, 2012 at 2:56 pm #

    hai tips, aq mau nanya dong. aq kan asi exclusive, bayi aq umurnya 8bln tp aq sering komsumsi kopi tiap pagi. tpnya bkn kopi item sih, gmn tuh? N tq.U bgt ya Semua resepnya TOP BGT

    • tips-bayi April 12, 2012 at 3:02 am #

      @ mama alvito,

      Sebenarnya tidak baik memberi kopi atau teh pada bayi Anda, karena kopi mengandung kafein yang justru berbahaya jika dikonsumsi bayi. Kafein dapat memacu denyut jantung lebih cepat, akibatnya bayi deg-degan terus, teh juga mengandung kafein, jadi minum teh tidak terlalu baik untuk anak-anak, hal ini dikarenakan setelah minum teh anak-anak akan mudah terangsang semangatnya, nafsu makannya menurun, selaput lendir saluran pencernaan menyusut sehingga mempengaruhi pencernaan makanan dan penyerapannya, bayi cukup dikasih susu saja… ;-)

  23. bunda felisha February 18, 2012 at 7:34 am #

    menurut dokter anak saya, jstru sedari lahir bayi sdh membutuhkan garam n gula… resep di atas di sajikan untuk brp porsi ya.. ap bisa untuk di hidangkan sore hari sementara di buat nya di pagi hari .. apa tdk akan basi ? ..

  24. mama'y nindya January 26, 2012 at 1:58 am #

    hai aku mau tanya donk klo bikin bubur nasi ditambah bawang putih boleh ga sih??
    trus jika ditambah keju, sebaik’y jenis keju apa. anakku sekarang usia’y 7 bulan.
    lalu jika disimpan ditermos untuk menyimpan makanan boleh ga?? krna aku bikin’y sekalian untuk pagi & sore’ apa memang hrs ditaruh kulkas.

    • tips-bayi February 3, 2012 at 2:28 am #

      @ mama’y nindya,

      Jawaban semua pertanyaan Anda.. BOLEH.. :-)

      Anda sudah bisa membubuhkan bumbu masak alami pada makanannya.. Contoh bumbu alami adalah bawang bombai, bawang merah, bawang putih, bawang daun, seledri, salam, serai, daun jeruk, kemangi, lengkuas, kunyit, kencur. Hanya saja untuk ini Anda perlu melihat dan menyesuaikan minat bayi Anda..

      Kalaupun Anda membubuhi makanan bayi Anda dengan bumbu alami jangan sampai terlalu merubah rasa hingga bisa saja bayi Anda malah menolak makanannya.. ;-)

      Banyak keju atau butter yang mengandung kadar garam yang tinggi.. Hanya sebagai sedikit panduan, pada umumnya untuk bayi ada 3 jenis keju yang bisa dan aman dikonsumsi, yaitu keju jenis Ricotta, Cheddar dan Cream. Nah dari ketiga jenis ini yang paling rendah kadar garamnya dan paling tinggi proteinnya adalah keju jenis Ricotta. Kedua keju jenis cream, dan terakhir alias yang paling banyak kandungan garamnya adalah keju jenis cheddar..

      Anda boleh memberikan keju ricotta khusus untuk bayi.. ;-)

      Termasuk Mentega atau Butter.. Mentega atau butter. Di pasaran ada 2 jenis butter, yaitu yang salted (asin) dan unsalted (tawar). JADI.. sebaiknya pilih butter yang unsalted (tawar) saja, lebih aman. Bahkan sering tingkat asinnya itu tidak sama meski merek butter-nya sama..

      Kalau hanya untuk pagi dan sore.. tidak masuk kulkas hanya di termos atau magickom boleh.. ;-)

  25. mama Haidar January 12, 2012 at 8:37 am #

    anak saya umurnya 6 bulan 16 hari skrng berat bada dya sudah 10kg sejak umur 5 bulan 12 hari saya sudah memberinya bu”r instan dan pas dia umur 6 bulan saya beri dia bu”r saring buatan sendiri dia doyan banget makannya tapi dia tidak minum susu formula hanya ASI saja . apa berat badan anak saya kelebihan atau tidak..tapi anak saya tetap aktif dan perkembangannya bagus sekarang dya lagi belajar du”k dan merangkang(gonganggong) minta pendapatnya d kirim k email saya ya terimakasih.

    • tips-bayi January 14, 2012 at 3:17 am #

      @ mama Haidar,

      Memang BB Haidar termasuk lebih dari ideal. Tapi Haidar terlihat aktif dan perkembangannya tidak terganggu dengan berat badannya itu bagus. Gemuk juga bisa karena turunan lho.. ;-)

      Bagus sekali Anda tidak memberikan sufor, pertahankan pemberian ASI saja pada Haidar. Berikan MPASI sesuai jadwal..

      Jadi.. Agar berat badan bayi Anda dan pertumbuhannya tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP. Pertahankan pemberian ASI sampai usia 2 atau 2,5 tahun..

  26. Zaza momy December 29, 2011 at 1:42 pm #

    bayi sy usia 8 bulan, ASI eksklusif,,gmn caranya agar mau minum pake botol?? ASI ibu berkurang, ketika bayi usia brp bulan?? sy bingung krn tidak mau pake botol, terkadang ASI sy tidak muncul…mksh

    • tips-bayi January 5, 2012 at 4:14 am #

      @ Zaza momy,

      ASI akan berkurang jika kita mulai jarang memberikan pada bayi kita dan kita berpikiran kurang.. Karena produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Yang tidak kalah pentingnya : Anda harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun… ;-)

      Tidak mau dengan botol..? Bisa Anda sedikit-sedikit membiasakannya dan Anda cari dotnya yang cocok dengan bayi Anda. Bisa juga untuk sementara sambil Anda sendoki..

      Sedot terus ASI Anda..! Bagus juga dijadikan susu campuran MPASI-nya..

  27. Lucy Rikhardo December 28, 2011 at 8:31 am #

    dear tips-bayi, bayi 7 bulan udah bisa dikasih jamur gak di bubur tim nya? tq

    • tips-bayi January 4, 2012 at 3:57 am #

      @ Lucy Rikhardo,

      Wah enak tuh.. ;-)
      Walaupun enak.. sebaiknya diberikan mulai usia 9 bulan saja ya..

  28. nie November 4, 2011 at 11:00 am #

    hi tipsbayi……..
    thanks y info nya, info resep mknan bayi nya sangat bermamfaat sekali bwt aq yg baru pertama kali mempunyai anak. anak ku sdh berumur 9 bln, aq sering sekali memberi’y keju craft.nah…anak ku paling doyan sm keju.tp,tanpa d’campur nasi tim ato mkanan lainnya,gmn y apakah itu g akan berbahaya,,,,????
    dan dri umur 3 bln anaku sering di beri sari kurma+madu apakah sari kurmanya itu tidak akan mempengaruhi lambungnya…………?????
    mksh tipsbayi…

    • tips-bayi December 5, 2011 at 2:27 am #

      @ nie,

      Anda boleh berikan keju maksimal 2 lembar dalam satu hari.. Untuk lebih mengetahui bagaimana pemberian keju untuk bayi, maka sebaiknya Anda baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/pemberian-keju-untuk-bayi-boleh-tidak.html

      Kami tidak tahu kandungan sari kurma itu apa saja. Akan tetapi madu itu sendiri memang ada pendapat bayi sebelum 1 th jangan dulu diberi madu tapi ada juga yang berpendapat bahwa bayi diatas 6 bl sudah boleh dikasih madu..

      Yang jelas, madu amat berkhasiat dan secara kimia tak ada bahaya maupun dampaknya. Hanya memang, ada bayi atau balita yang peka dengan madu, dalam arti tak cocok hingga berdampak seperti diare, kembung atau kolik setelah minum madu. Bila terjadi hal seperti itu, sebaiknya dihentikan pemberiannya dan lain kali dicoba lagi. Kendati sebetulnya amat jarang ditemui kasus demikian. Buktinya bayi Anda baik-baik saja kan.. ;-)

  29. bunda adlyn October 8, 2011 at 9:12 am #

    terima kasih atas tips nya….
    saya mau bertanya,keju cheddar kan paling banyak kandungan garamnya,tp apakah masih tetap aman di konsumsi bayi usia 6 bulan,soalnya di tempat saya sulit menemukan keju riccota.

  30. lilik October 7, 2011 at 3:54 am #

    aq binggung,..nich,..anak aq 6 bulan,..dgn kondisi alergi susu sapi,…aq ksh bubur instan gumoh,..aq ksh bubur yg alergi ttp gumoh,..aq ksh bubur organik aq campur sayur + daging,..gag doyan,..gag da rasanya,..klo keju??? takutnya susu sapi?..garam gag boleh yach?…tolong dunk….thx…:(

    • tipsbayi October 9, 2011 at 6:05 am #

      @ lilik,

      masih banyak jenis makanan lain yang bisa Anda berikan untuk menunjang pertumbuhan fisik si kecil. Telur dan ikan bisa diganti dengan daging, hati ayam, tahu, tempe, dan lainnya. Sumber karbohidrat tetap diberikan, seperti: nasi, kentang, roti, pasta , singkong, jagung, dan lain-lain. Sayuran bisa diberikan sesuai usia, seperti: oyong, kangkung, brokoli, kembang kol, zukini, dan seterusnya.

      Pilihlah makanan selingan yang dibuat tanpa susu. Atau jika Anda membeli makanan jadi, Anda perlu mengetahui makanan tersebut dibuat dari bahan makanan apa saja. Buah-buahan juga sebaiknya diberikan bervariasi, seperti: pepaya, pisang, jeruk, alpukat, apel, dan lain-lain. Jika si kecil belum bergigi sebaiknya makanan dihaluskan lebih dahulu.

      Kebutuhan makan sehari :

      * Berikan ASI sekehendak atau PASI 4 x (200-220 ml)
      * 1 x bubur susu
      * 1 x buah
      * 2 x nasi tim (kalau belum ada gigi perlu dihaluskan)
      * Pemberian kuning telur ditunda dulu karena alergi dan bisa dicoba diberikan kembali setelah usia 1 tahun.

      Seandainya susu tidak habis sebanyak 200-220 ml, porsinya bisa diperkecil. Tapi diberikan 5–6 kali, sehgingga jumlah susu sehari tetap sesuai aturan.

      @bunda adlyn,

      Dikurangi saja takarannya Bunda…

  31. patty September 7, 2011 at 11:42 pm #

    pagi doc, ank saya umur 15 bulan, terakhir menimbang bulan kmrn beratnya 8.96 kg. memang kurang bb nya karena lahir bb 3.06 kg. umur 12 bln pernah sakit muntaber yg mengakibatkan tubuhnya kurus skali. kmdn pernah mengalami susah makan, tidak mau sufor dan hanya mau ASI, sy ibu rumah tangga selama 9 bln terakhir, shg punya bayak waktu untuk menemani si kecil. untuk saat ini nafsu makannya semakin membaik dan sedikit2 mau meminum sufor, terima kasih untuk bantuan nanny nya yang baru datang 2 bulan terakhir. cara memasak mknn si kecil pun jg telah saya variasikan, menggunakan bumbu kecap, saus tiram, dan gula, sebelumnya saya hanya tau memakai garam.
    yg saya mau tanyakan doc, adakah saran lain dari pola yg telah saya berikan ini, mengingat saat ini si postur tubuh si kecil masih sgitu2 saja (saat ini sdg aktif2nya belajar berjalan). saya sering memberi buah pear, pepaya dan apel di siang hari dan si kecil memang doya buah. apakah ada masukan lain dari dokter untuk anak saya?
    trims :)

  32. mama Gilang September 6, 2011 at 12:52 pm #

    Salam kenal tips… Baby skrng brumur 6bln… Lg bingung nich mau beri MpAs.. Tlng bg resep2 nya…
    Cara buat tepung beras merah itung yg bener di sangrai dulu apa diblender dulu??

    • tipsbayi September 18, 2011 at 3:41 pm #

      @ mama Gilang,

      Salam kenal juga.. ;-)

      Contoh resep, Anda bisa lihat di:

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

      Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

  33. mama jessi August 17, 2011 at 6:28 am #

    kl mau buat tim saring pemakaian garam dianjurkan atau tdk? kl tidak mengapa?
    trus pemakaian keju sbg pengganti garam ya…
    tim saring yg pakai mentega/margarin..

    • tipsbayi August 30, 2011 at 4:14 am #

      @ mama jessi,

      Pertahankanlah untuk tidak memberikan garam atau bumbu sejenisnya pada makanan bayi Anda sampai bayi Anda berusia lebih dari 1 tahun.. itupun pemberiannya tidak boleh berlebihan.. ;-)

      Fungsi ginjal bayi Anda belum cukup matang untuk menyisihkan kelebihan mineral dalam garam dapur. Maka segala jenis menu dengan kandungan garam dapur, apalagi yang berlebihan, sebaiknya dijauhkan dari menu harian bayi Anda.

      Natrium sudah mencukupi dari bukan garam dapur, tubuh memang membutuhkan mineral natrium yang dapat diperoleh dari garam dapur, namun tak perlu mengonsumsi khusus garam dapur jika natrium yang terkandung dalam bahan makanan alami sudah mencukupi..

      Termasuk kecap, kita tahu garam dapur dalam kecap, kendati namanya kecap manis, kandungan garam dapurnya juga melebihi kebutuhan tubuh..

      Benar.. salah satu pengganti garam adalah keju.. silahkan baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/pemberian-keju-untuk-bayi-boleh-tidak.html

      Untuk butter.. MENTEGA/ BUTER merupakan produk industri susu karena bahan utama pembuatannya berasal dari lemak hewani atau susu (80-82 %), dan ditambah dengan bahan pendukung lainnya seperti air, garam dan padatan susu (curd). Selain itu mentega diperkaya dengan vitamin A, D, E dan K yang tidak larut dalam air. Mentega mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan lebih memberikan rasa gurih serta aroma yang lebih tajam.

      MARGARINE terbuat dari minyak atau lemak nabati, dan bahan tambahan seperti susu bubuk skim atau lemak hewani, air, garam, esens, pewarna dan zat anti tengik.

      Mentega atau butter. Di pasaran ada 2 jenis butter, yaitu yang salted (asin) dan unsalted (tawar). JADI.. sebaiknya pilih butter yang unsalted (tawar) saja, lebih aman. Bahkan sering tingkat asinnya itu tidak sama meski merek butter-nya sama.. ;-)

  34. Novi July 18, 2011 at 10:37 am #

    bayi sampai usia brp baru boleh makan garam gula?

    • tipsbayi July 19, 2011 at 12:45 am #

      @ Novi,

      Untuk pemberian garam atau bumbu sejenisnya pada makanan bayi Anda sampai bayi Anda berusia lebih dari 1 tahun.. itupun pemberiannya tidak boleh berlebihan.. ;-)

      Fungsi ginjal bayi Anda belum cukup matang untuk menyisihkan kelebihan mineral dalam garam dapur. Maka segala jenis menu dengan kandungan garam dapur, apalagi yang berlebihan, sebaiknya dijauhkan dari menu harian bayi Anda.

      Natrium sudah mencukupi dari bukan garam dapur, tubuh memang membutuhkan mineral natrium yang dapat diperoleh dari garam dapur, namun tak perlu mengonsumsi khusus garam dapur jika natrium yang terkandung dalam bahan makanan alami sudah mencukupi..

      Termasuk kecap, kita tahu garam dapur dalam kecap, kendati namanya kecap manis, kandungan garam dapurnya juga melebihi kebutuhan tubuh..

      Sebenarnya boleh saja gula diberikan sejak si kecil telah berusia 6 bulan, yaitu dimana anak mulai mengonsumsi MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) setelah pemberian ASI eksklusif. Anda bisa menambahkan gula sedikit saja saat membuat bubur tepung beras atau jus buah. Ingat sedikit saja, lho…. dan jangan sering-sering..

      Selanjutnya, pemberian gula pada makanan anak juga sebaiknya dibatasi. Mengapa? Untuk menjadi kalori, gula di dalam tubuh akan mengalami proses pemecahan. Proses tersebut memerlukan vitamin B1. Jadi, bila kita banyak makan gula, atau kargohidrat, tentu akan semakin banyak vitamin B1 yang dibutuhkan. Nah, jika tidak diimbangi dengan asupan yang cukup dari makanan yang kita makan, maka tubuh akan kekurangan vitamin B1. Akibatnya, timbul gangguan pada fungsi sistem saraf yang akan menimbulkan gejala-gejala kelelahan, kurang konsentrasi, menjadi lebih peka dan sebagainya. Sumber vitamin B1 antara lain kacang-kacangan dan biji-bijian.

      Untuk rasa MPASI sebaiknya jangan terlalu jauh dengan rasa makanan pokok sebelumnya, yaitu ASI.. Jadi sebaiknya untuk perasa manisnya cukup manis sufor atau ASI.. Bukan manis ukuran kita.. ;-)

      Pengganti garam agar gurih bisa Anda gunakan kaldu atau keju..

  35. maminakenzo June 2, 2011 at 5:11 am #

    tolong email dunk yg py resep mp-asi bt byi 7bln??
    debbie_aryanti@yahoo.com.sg
    tengkyuuu…

  36. Rini hdy May 20, 2011 at 7:41 am #

    Hi Tips Bayi…

    Thanks informasinya sangat bermanfaat buat saya, sikecil ku hampir memasuki usia 7 bln, saya udah cb resep nasi tim yg di berikan, tapi sebelumnya saya tambahkan sedikit garam dan pake bwg juga…., mmg begitu sy kasi, lahapnya minta ampun…

    thanks sekali lagi, sy cb menghentikan pemberian garam dan bwg, alt. keju / margarin..

    semoga yg udh terlanjur ngk apa2 ya tips bayi….

    GBU

    • tipsbayi May 28, 2011 at 1:54 am #

      @ Rini hdy,

      Amin.. Ya.. semoga tidak apa-apa dan kami yakin jika tidak berkelanjutan pemberiannya tidak akan apa-apa kok.. ;-)

  37. diana rudyanto April 19, 2011 at 1:32 am #

    satu lagi blh gak memberi seledri pada makanan bayi? thanks b4

    • tipsbayi May 28, 2011 at 1:52 am #

      @ diana rudyanto,

      Anda sudah bisa membubuhkan bumbu masak alami pada makanannya.. Contoh bumbu alami adalah bawang bombai, bawang merah, bawang putih, bawang daun, seledri, salam, serai, daun jeruk, kemangi, lengkuas, kunyit, kencur. Hanya saja untuk ini Anda perlu melihat dan menyesuaikan minat bayi Anda..

      Kalaupun Anda membubuhi makanan bayi Anda dengan bumbu alami jangan sampai terlalu merubah rasa hingga bisa saja bayi Anda malah menolak makanannya.. ;-)

  38. diana rudyanto April 19, 2011 at 1:31 am #

    mau nanya keju merk apa yg blh diberikan utk bayi usia 8 bln.setahu saya keju kraff mengandung garam.

    • tipsbayi May 28, 2011 at 1:50 am #

      @ diana rudyanto,

      Untuk mereknya.. waduh mohon maaf nih sepertinya kami tidak bisa memberi tahu Anda di sini. Yang jelas di super market banyak kok.. sesuai selera Anda.. ;-)

      Hanya sebagai sedikit panduan, pada umumnya untuk bayi ada 3 jenis keju yang bisa dan aman dikonsumsi, yaitu keju jenis Ricotta, Cheddar dan Cream. Nah dari ketiga jenis ini yang paling rendah kadar garamnya dan paling tinggi proteinnya adalah keju jenis Ricotta. Kedua keju jenis cream, dan terakhir alias yang paling banyak kandungan garamnya adalah keju jenis cheddar..

      Anda boleh memberikan keju ricotta khusus untuk bayi..

  39. mamamecca March 17, 2011 at 9:47 am #

    tx y tips jawabannya…
    tapi yg saya maksud adalah biskuit yg saya berikan itu tidak mudah hancur begitu tercuwil gusi anak saya.anak saya suka skali memasukkan apa saja mkanya saya kasih biskuit dan bisa makan sendiri.tapi anak saya belum tumbuh gigi.jadi masih dalam bntuk butiran2 atau sepenggal2 lgsg ditelan.apakah itu yg mempengaruhi bayi saya jadi keselek y tips..??
    lalu saya minta saran dari tips..adakah biskuit yg tdk bahaya untuk bayi 7bln dan bisa lgsg hancur begitu ditempel dilidah supaya tidak ketelen lagi.krna anak saya suka skali makan dan kunyah2 apa aja yg dia pegang.
    mksih ya tips..maaf kalo banyak nanya..:)

    • tipsbayi May 28, 2011 at 1:45 am #

      @ mamamecca,

      Ya benar.. bisa saja butiran-butiran biscuit yang masih sepenggal yang menyebabkan keselek.. ;-)

      Ada beberapa jenis biskuit yang beredar di pasaran yang teksturnya lebih lembut.. Anda bisa memilih dan mencobanya..

  40. mamamecca March 11, 2011 at 9:18 am #

    tx ya tips..
    sudah saya trima balasan emailnya..
    saya mau nanya ni tips..jenis biskuit apa yg tidak membuat bayi tersedak??krna pernah saya kasih biskuit milna untuk 6bln scra utuh, malah membuat bayi saya tersedak kemudian muntah deh..
    mau saya kasih sebagai cemilan kalo tidak pas jam makan.mkasih sebelumnya.tolong dibalas ya..:)

    • tipsbayi March 12, 2011 at 3:35 am #

      @ mamamecca,

      Kemungkinan dimulut bayi Anda terlalu banyak biskuit yang belum tertelan, atau misalnya jika bayi Anda suka dot besar lalu diberi dot kecil, ia akan malas mengisap karena lama. Akibatnya susu tetap keluar dari dot dan memenuhi mulut si bayi. Hal ini bisa membuat bayi tersedak yang lalu muntah. Sebaliknya bayi yang suka dot kecil diberi dot besar akan refleks muntah karena ada benda asing.

      Sangat tidak wajar jika bayi sampai tersedak. Sejak lahir manusia sudah dibekali refleks untuk menelan serta kemampuan mengatur ke rongga kemana makanan dan minuman disalurkan, dan ke rongga mana udara harus disalurkan
      Kedua cabang rongga di leher manusia pun dibatasi katup. Saat makan-minum, rongga udara ditutup secara otomatis oleh katup tersebut. Jika ada makanan atau minuman yang sampai lolos ke saluran udara, terjadilah tersedak.

      Tersedak bisa juga terjadi karena cara pemberian makan (termasuk ASI dan susu botol) yang salah, memasukkan makanan saat bayi sedang tertawa, menangis, atau malah mengajak bayi bercanda saat sedang makan. Bisa juga karena menuangkan makanan ke mulut bayi terlalu cepat atau bayi diberi makan dalam posisi salah; berbaring telentang, misalnya.

      Selain itu, tersedak bisa saja terjadi karena si kecil sedang flu, kumat asmanya (sesak napas), dan mengalami gangguan palatoschisis.

      Setiap anak unik dan berbeda, ada anak-anak tertentu yang memang memiliki kepekaan tersendiri. Jika diberi makanan yang kasar atau kental sedikit saja, refleks muntah maka orang tua harus berusaha mencari tahu seperti apa tekstur makanan yang paling cocok untuk bayinya.

      Apa pun penyebab bayi tersedak, risikonya sama saja, yaitu berbahaya. Jadi berhati-hatilah dalam memberikan minuman atau makanan kepada bayi. Yang juga penting, ketahui cara menghindari dan mengatasi tersedak pada bayi.

      Kiat Menghindari

      Saat memberi minum bayi, gunakan perangkat yang didesain khusus untuk bayi. Jika menggunakan gelas, sedotan atau sendok orang dewasa, besar kemungkinan si kecil akan tersedak. Perangkat makan dan minum dewasa tak bisa mengatur asupan air sesuai kemampuan bayi menerima dan menelan.

      Namun, peluang tersedak tetap ada jika dengan perangkat ini kita masih memberi minum dengan terburu-buru atau sambil bercanda. Saat bercanda, bayi pasti tertawa atau bersuara, sehingga katup rongga udaranya terbuka. Jika di saat bersamaan ada air, karena letak rongga udara dan makanan-minuman bertetanggaan, maka otomatis air akan masuk juga ke rongga pernapasan.

      Selain itu, hindari memberikan minum pada posisi berbaring. Jadi usahakan minimal saat diberi minum posisi anak 45 derajat (setengah duduk). Juga atur volume yang masuk ke mulutnya, sesuaikan dengan kemampuannya menelan.. ;-)

      Apapun camilan untuk bayi Anda, hendaknya kekenyalan dan teksturnya disesuaikan dengan kesiapan bayi Anda.. Bila Bayi Anda sudah bisa memegang dan memasukan sesuatu pada mulutnya, maka Anda bisa berikan potongan buah atau biskuit bayi sebagai camilan..

  41. mamamecca March 9, 2011 at 8:08 am #

    tx infonya tips…:)
    mau nanya ni tips..katanya tips bayi udh mengeluarkan ebook seri MPASI ya.
    bisa didpt dimana ya tips.dan harganya berapa??kepengen punya buat nambah koleksi resep saya.apalagi resep yg disarankan lebih mudah dan cepat buatnya ketimbang resep2 dari sumber yg lain.
    mksih tipsbayi..

    • tipsbayi March 12, 2011 at 3:25 am #

      @ mamamecca,

      Kami sudah balas pertanyaan Anda melalui email ya.. ;-)

  42. winda March 5, 2011 at 1:27 pm #

    tolong dong bantuannya.. kenapa ya baby saya sekarang hampir 1 bulan tidak mau makan,padahal saya sudah mencoba selalu mengganti menu makannya dia.. setiap mau disuapin,makannya didemin di mulut dan kadang dilepeh… duh saya bingung banget nih…terima kasih

    • tipsbayi March 12, 2011 at 3:12 am #

      @ winda,

      Anda jangan bingung.. Memang ada kalanya bayi susah makan atau nafsu makannya menurun.. Maka kita harus jeli dan sabar mencari penyebabnya.. ;-)

      Bisa sedang tumbuh gigi, kondisi kesehatan kurang baik, atau bosan.. Maka selain Anda harus selalu memvariasikan makanan bayi Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda..

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikitsedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun bayi Anda akan berterima kasih suatu hari nanti!

  43. jeani February 22, 2011 at 3:17 am #

    tips tolong dong bantuan nya dooong
    bayiku berumur 11 bulan, saat ini makan nya susah banget padahal dulu ga begitu, aku sering bikinin masakan yg tips berikan n selama ini dia menyukainya. namun beberapa hari ini dia ga mau sama skali menyentuh makanannya kalopun masuk pasti di lepehin lagi..aku jadi bingung n sedih karna dia jadi kelihatan kurus…ditambah lg dia mencret.., kenapa ya tips n solusinya apa ya, kalo dikasih vitamin penambah nafsu makan boleh ga ya??? kalo boleh vitamin nya apa???
    thanx tuk informasinya tips, ditungguin ya ASAP :)

    • tipsbayi March 12, 2011 at 2:59 am #

      @ jeani,

      Kurus..? Memang beratnya berapa..? Kurus bisa saja turunan.. :-)
      Memang ada kalanya bayi susah makan atau nafsu makannya menurun.. Maka kita harus jeli dan sabar mencari penyebabnya.. ;-)
      Bisa sedang tumbuh gigi, kondisi kesehatan kurang baik, atau bosan..

      Maka selain Anda harus selalu memvariasikan makanan bayi Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda..

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikitsedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun bayi Anda akan berterima kasih suatu hari nanti!

      Untuk pemberian vitamin penambah nafsu makan atau vitamin apa saja, sebaiknya Anda konsultasikan pada DSA. Saran kami, tidak harus memberikan suplemen yang macam-macam. Dengan ASI dan makanan bergizi sudah modal besar untuk mencetak anak sehat. Kalaupun Anda ingin memberikan vitamin selalulah konsultasikan dengan DSA Anda..

  44. winda February 21, 2011 at 1:04 pm #

    malem.. mau tanya dong,anak saya umurnya 7bulan dengan berat 10,8kg…. laki2.
    bayi itu ampe umur brapa sih makannya harus bubur saring ior diblender,emang teri aman ya buat bayi yang uda makan…dan berapa porsi keju yang bener untuk bayi.. makasih

    • tipsbayi March 2, 2011 at 1:48 am #

      @ winda,

      BB bayi Anda termasuk bagus meskipun sedikit lebih dari ideal.. Rubahlah tekstur MPASI nya dengan bertahap 8 atau 9 bulan sudah boleh bubur tanpa saring.. Teri..? Insya Allah aman.. ikan terinya sudah bubuk, silahkan Anda baca cara mengolahnya di:

      http://www.tipsbayi.com/resep-makanan-bayi-tim-saring-ikan-teri.html

      Jenis keju yang boleh diberikan pada bayi kita adalah cheddar, parmesan dan mozarella, dan memang ada juga keju yang dibuat khusus untuk bayi yang taste nya tidak terlalu kuat.. Dan juga batasi hingga 1 slice keju setiap hari (maksimal)..

  45. ode February 21, 2011 at 10:45 am #

    makasih ……..sdh dpt tips memasak bubur dgn daging ayam, trus tips memberi alpukat pada bayi, juga keju.

  46. christin January 28, 2011 at 7:36 am #

    salam kenal,

    saya ingin menanyakan, kalau bayi 6 bulan apakah boleh diberikan daging ayam?
    kira-kira berapa banyak makanan yg harus saya sediakan setiap harinya yah?

    terima kasih

  47. bunda Adelia January 11, 2011 at 6:26 pm #

    dear tips bayi..
    Adelia skr usianya 5 bln 9 hari. Tanggal 21 jan nanti usianya tepat 6 bulan. Waktu lahir di bulan July 2010 BB nya 3,4 kg. pas usia 2 bulan BB nya naik menjadi 5kg. Nah, perjalanan usia dari 3 bln, 4 bln, dan 5, bln.. BB nya pada tiap bulannya hanya ada pada rentang 5,2 kg; 5,3 kg ; dan skrg 5,8 kg. Kategori minim bgt ya, BB nya? :( (

    Adel dari usia 0 bln s/d 4 bln dg ASI eksklusif. Selanjutnya, krn khawatir ASI saya kurang mencukupi kebutuhan gizinya, saya mixed dg sufor hingga skrg mau memasuki usia 6 bln.
    Oiya, udah hampir 3bln ini, adel jg punya kebiasaan ngemutin jempolnya kalo mau tidur. Udah saya coba atasi dg dipakein sarung tangan, yg ada malah bobonya jd ga nyenyak.. gelisah trs. Lalu, apa benar kalo kebiasaan ngemutin jempol kelak nanti baka ngerusak bentuk gusinya? mohon informasinya ya, thank u ^__*

    • tipsbayi January 17, 2011 at 4:12 am #

      @ bunda Adelia,

      BB Adelia masih tergolong normal, karena masih di atas 80% BB normal untuk bayi Indonesia, meskipun terlihat agak kecil ya..? Anda jangan terlalu khawatir.. Perlu diingat, pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat. Secara umum pertambahan BB dapat dikategorikan dalam hitungan sebagai berikut:

      * Triwulan pertama : 600- 1200 gram per bulan

      * Triwulan kedua : 500-600 gram per bulan

      * Triwulan ketiga : 350-450 gram per bulan

      * Triwulan keempat : 150-250 gram per bulan

      Untuk memastikan apakah bayi Anda masih dalam kategori normal, kurang atau berlebih, Anda dapat mengecek atau membandingkannya melalui kurva Lubchenko yang terdapat pada buku pantau tumbuh-kembang bayi atau KMS (Kartu Menuju Sehat) dari Puskesmas atau Rumah Sakit. Nah, berdasarkan kurva tersebut, parameter untuk mengetahui pertumbuhan bayi tidak hanya dilihat dari pertambahan BB, tapi juga tinggi badan dan ukuran lingkar kepala..

      Untuk masalah mengisap jempol, ini memang KEBIASAAN beberapa bayi seumuran bayi Anda.., tetapi sebaiknya sebisa mungkin Anda alihkan dengan ASI saja, turunkan dengan perlahan tangan bayi Anda dari mulutnya dengan cara perlahan dan ajak berbicara lalu alihkan dengan ASI sampai bayi Anda tertidur.., mudah-mudahan dengan DIBIASAKAN begini maka KEBIASAAN mengisap jempol akan hilang..

      Adel ngemut jempol terus ya..? Sepertinya sudah pngen MPASI.. ;-)
      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Jika setiap kali Anda mencoba menyuapkan makanan kepada si kecil dan lidahnya terus mendorong makanan tersebut keluar, berarti dia belum siap diberi MPASI. Kalau begitu, jangan dipaksa… ;-)

      Anda bisa kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan.html

  48. mama rafka January 7, 2011 at 12:56 pm #

    klo bli ebook balita cerdas + ebook 12 bln pertama + 4 bonusnya dg hrg tetap Rp.50.000,- bs g tips ???
    tlong krim jwbnya ke emailku yc
    thanks bget tips…

  49. yuli December 18, 2010 at 7:17 am #

    khanza cewek kecil q dah berumur 8 bulan, tp kenapa g mau nasi tim ya ??? sukanya bubur susu or bubur buah??? tiap kali disuapin muntah terus, q harus gmn nich…… q takutnya bayi q malas ngunyah pek gede. tolong dong kasih solusi……………….

    • tipsbayi December 20, 2010 at 7:23 am #

      @ yuli,

      Proses pencernaan bayi Anda akan berkembang dengan bertahap. Jadi perbahan teksturnya juga harus bertahap. Bagi bayi yang belum tumbuh gigi memang kebanyakan menolak makanan yang “ngegrenjel” atau agak kasar. Meskipun demikian tetapi tidak ada salahnya bahkan harus kita coba merubah tekstur makanannya secara bertahap. Dengan cara merubah kekentalannya dulu, bubur bayi Anda tetap lembut tapi agak kental. Anda juga bisa membiasakan bayi Anda memegang biskuit agar terbiasa terhadap makanan yang “ngegerenjel” tetapi tetap bisa lembut.. ;-)

  50. Mama "Jojo" December 7, 2010 at 1:31 pm #

    Wah Tx banget ya tips bayi, saya jadi bisa buatin makanan yang bervariasi u bayi saya.

  51. Yayak November 9, 2010 at 10:15 am #

    Minta tipsnya donk.,biar babyku yg baru 6 bulan bisa lahap makannya.,soalnya.,setiap dikasi makan nolak terus n maunya minum susu terus.,makasih yah sebelumnya.,

    • tipsbayi November 13, 2010 at 2:13 am #

      @ Yayak,

      Adakalanya bayi tidak ada atau berkurang nafsu makannya. Selain Anda harus memvariasikan makanannya, Anda juga harus mencari PENYEBABNYA..

      Bisa saja sedang kurang sehat, ada yang tidak enak yang dirasakannya atau mau tumbuh gigi..

      Untuk menambah nafsu makan bayi Anda, Anda bisa mencoba memberikan air rebusan kacang hijau. Dan sebaiknya sekitar 1 jam sebelum bayi Anda diberi MPASI, Anda jangan memberinya ASI atau sufor..

      Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda.. :-)

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

  52. melati November 5, 2010 at 9:40 am #

    klo umur 6 bln blhkah mkn tempe,tahu,keju n ikn salmon

    • tipsbayi November 9, 2010 at 3:42 am #

      @ melati,

      Tempe, tahu dan keju sudah boleh Anda berikan.. Tentunya dengan bertahap, baik tekstur dan porsinya. Sedangkan untuk ikan baik ikan air tawar maupun ikan laut seperti tuna, tengiri, makarel, dan kakap besar dapat diberikan kepada bayi Anda bila sudah berusia 9 bulan ke atas. Pengolahannya bisa ditim, dipanggang, ditumis, atau dipepes.. ;-)

  53. Nolee - mommy Kayla October 26, 2010 at 9:00 am #

    Dear Tips Bayi,
    hampir semua resep Tim saring sudah saya coba untuk Baby Kayla aq yang usianya 6 bulan. Semua dia SUKA, makan hanya butuh waktu paling lama 10 menit untuk makanannya dihabiskan.
    Great job , salute untuk Tips bayi. Aq tunggu resep-resep lain untuk bayi 7 bulan :)
    Ciayo !!!!

    • tipsbayi October 27, 2010 at 3:46 am #

      @ Nolee – mommy Kayla,

      Wah.. Baby Kayla sudah doyan makan ya..? Kami ikut senang mendengarnya.. :-)

      Tunggu saja resep-resep berikutnya ya.. ;-)

  54. Fitri October 21, 2010 at 4:11 am #

    thanks tipsbayi atas advicenya. Aku cb tunda dulu kasih Adinku MPASI krn takut kenapa2 dgn ususnya.
    oh ya hr ini suamiku transfer dana u bs dptkan Ebook batita cerdas . kira2 berapa lama ya aku sdh bs download Ebooknya ( transfer via mandiri ) ?
    satu pertanyaan lagi ni, bs kasih tips u bayi bingung puting ga? soalnya si Adin selama aku kerja di kasih ASI pakai botol ( kl pakai sendok or cup training ribet…..byk tumpahnya dr pada yg di minumnya ). Nah ketika aku plng kantor aku mau susuin dia slalu miringkan kepala alias menolak . aku sabar2in dibujuk spy dia mau ..tp ya itu dia kadang mau kadang ga..suka kasian liatnya krn dia nenen smbl nangis gitu . tekadku mau kasih ASIX terus, tp kl dia begitu terus takutnya aku nyerah , alias kasih dot terus . Nenen langsung kan lbh baik bukan ? spy aku bs lbh deket sm dia. mungkin tipsbayi ada resep jitu spy baby adin mau nenen lagi . maaf ya banyak nanya..thanks before .

    • tipsbayi October 27, 2010 at 3:35 am #

      @ Fitri,

      Oh.. Sudah pesan ya..? Biasanya tidak sampai 24 jam sudah bisa diterima kok.. ;-)

      Bayi Anda mengalami bingung puting, untuk itu Anda perlu tetap membiasakan memberikan ASI langsung meskipun agak sulit, akan tetapi jangan sampai terlalu memaksa yang nantinya akan menyebabkan trauma juga.. Berikan ketika bayi Anda dalam keadaan tenang.. Jangan panik, karena hanya akan memperburuk suasana, bahkan produktifitas ASI bisa berkurang apabila Anda panik dan stress..

      Tenangkan bayi Anda, ajak komunikasi dengan senyuman, berdo’a.. Insya Allah bayi Anda akan baik-baik saja.. ;-)

  55. Faizah October 21, 2010 at 1:18 am #

    daging ayam harus ayam kampung ya? kalau diganti ayam potong boleh ga? soalnya susah sekali cari daging ayam kampung

    • tipsbayi October 21, 2010 at 3:17 am #

      @ Faizah,

      Ayam boleh Anda campurkan dalam makanan bayi Anda. Manakah yang lebih baik, daging ayam kampung atau ayam negeri? Sebenarnya baik daging ayam kampung maupun ayam negeri sama baiknya, selama ayam itu sehat. Residu bahan-bahan kimia pada daging ternak terkonsentrasi pada lemak dan kulit.

      Untuk memperkecil risiko dampak buruknya, buang lemak dan kulit dari daging ternak sebelum memasaknya.. ;-)

  56. Fitri October 19, 2010 at 5:10 am #

    hallo,babyku Adin 4 bln 10hr. Tidur siangnya ga pernah lama, setiap setengah jam langsung bangun. Tidur pulas hanya pagi sama malam hari , itupun kadang suka kebangun krn ngemut jari. kira2 apakah dia harus dikasih MPASI supaya tidurnya nyenyak ?pls advice. thanks

  57. Fitri October 19, 2010 at 5:07 am #

    hallo, babyku Adin sdh 4bln 10 hari . Sekarang ini masih ASIX . Tidur siang dia g

    • tipsbayi October 21, 2010 at 3:11 am #

      @ Fitri,

      Maksud Anda, bayi Anda masih mendapatkan ASI eksklusif..? Itu bagus dan tepat sekali.. ;-)
      Pertahankan pemberian ASI eksklusif sampai Adin berusia 6 bulan. Dan selanjutnya pertahankan pemberian ASI sampai Adin berusia 2 atau 2,5 tahun..

      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Jika setiap kali Anda mencoba menyuapkan makanan kepada si kecil dan lidahnya
      terus mendorong makanan tersebut keluar, berarti dia belum siap diberi MPASI. Kalau begitu, jangan dipaksa… ;-)

      Belum terbentuk pola tidur Adin..? Tidak mengapa.. jangan khawatir dengan pola tidurnya.. pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

  58. Nauli - mommy Kayla October 14, 2010 at 9:22 pm #

    Tips bayi,
    Baby Kayla 6 bulan 1 miggu, sudah MPASI bubur susu dicampur sayur atau buah, selalu habis sich. mau start kasih bubur tim saring..maklum baru mau mulai.
    apakah bisa pakai nasi yang sudah matang di masak jadi bubur ? di haluskan dengan saringan kawat pakai sendok aja gitu atau boleh diblender lagi ?

    • tipsbayi October 21, 2010 at 3:05 am #

      @ Nauli – mommy Kayla,

      Wah bagus.. Kayla sudah doyan makan ya..

      Bisa.. Anda bisa mencuri start dari bentuk nasi hingga dilanjutkan ke proses bubur dan boleh dihaluskan dengan saringan kawat atau dengan blender.. Hasilnya tidak beda jauh kok.. ;-)

  59. tipsbayi October 7, 2010 at 6:23 am #

    @ chemo,

    Cama-cama.. ;-)

  60. chemo October 7, 2010 at 2:50 am #

    thx bgt y tips nya
    blog chemo

  61. tipsbayi October 4, 2010 at 5:31 am #

    @ ribka,

    Sama-sama.. ;-)

  62. tipsbayi October 4, 2010 at 5:28 am #

    @ indry,

    Jamur shikntake bisa Anda jadikan fariasi menu makanan bayi usia 9-12 bulan.. Sepertinya bayi Anda sudah bisa diberikan karena.. selain bayi Anda sudah berusia 8,5 bulan juga sudah makan nasi tim ya..?

    Anda bisa mencobanya.. ;-)

  63. tipsbayi October 4, 2010 at 5:16 am #

    @ bunda mahes,

    Wah mohon maaf telat jawabnya.. ;-)

    Mahes usianya sudah 8 bulan ya.. ? Sudah boleh kok Anda membubuhkan bumbu masak alami pada makanannya.. Contoh bumbu alami adalah bawang bombai, bawang merah, bawang putih, bawang daun, seledri, salam, serai, daun jeruk, kemangi, lengkuas, kunyit, kencur. Hanya saja untuk ini Anda perlu melihat dan menyesuaikan minat bayi Anda..

    Kalaupun Anda membubuhi makanan bayi Anda dengan bumbu alami jangan sampai terlalu merubah rasa hingga bisa saja bayi Anda malah menolak makanannya..

    Akan tetapi untuk pemberian garam sebaiknya jangan dulu.. Fungsi ginjal bayi Anda belum cukup matang untuk menyisihkan kelebihan mineral dalam garam dapur. Maka segala jenis menu dengan kandungan garam dapur, apalagi yang berlebihan, sebaiknya dijauhkan dari menu harian bayi Anda.

    Natrium sudah mencukupi dari bukan garam dapur, tubuh memang membutuhkan mineral natrium yang dapat diperoleh dari garam dapur, namun tak perlu mengonsumsi khusus garam dapur jika natrium yang terkandung dalam bahan makanan alami sudah mencukupi..

    Termasuk kecap, kita tahu garam dapur dalam kecap, kendati namanya kecap manis, kandungan garam dapurnya juga melebihi kebutuhan tubuh..

    Jadi sebaiknya Anda tunda dahulu pemberian garam atau bumbu sejenisnya pada makanan bayi Anda sampai bayi Anda berusia lebih dari 1 tahun.. itupun pemberiannya tidak boleh berlebihan.. ;-)

  64. ribka September 30, 2010 at 4:48 am #

    makash

  65. ribka September 30, 2010 at 4:47 am #

    maksh ya.aq jd tau lg dh buat nasi tim

  66. indry September 28, 2010 at 3:03 am #

    hallo tips bayi,,mo tanya nih,,anakku umur 8,5bln udh maem bubur tim sekarang aku mau nambah jamur shintake ke buburnya udah boleh blom bayi makan jamur shikntake,,??makasi ya,,,

  67. bunda mahes September 23, 2010 at 3:48 pm #

    Halo tips bayi, gak kerasa ternyata udah 2bulan ngikutin artikelnya tips bayi.
    dari komentar para momi tadi sempet baca kalau bawang belum boleh diberikan pada bayi pada awal mpasi. Lalu kapan boleh diberikan ke bayi tips?

    Mahes sekarang sudah 8bln, kemarin sempet bertanya-tanya kapan waktu yang tepat buat ngasi penyedap alami semacam bawang,daun salam etc ke makanannya mahes..

  68. tipsbayi September 16, 2010 at 3:31 am #

    @ ika,

    Kalau hanya untuk 2 kali makan saja, Anda boleh menyimpannya dalam magic jar atau lemari es yang nantinya Anda hangatkan ketika akan disajikan.. ;-)

    Bahkan bisa saja Anda menyimpannya lebih lama lagi lho.. Maka untuk mengetahui caranya penting sekali Anda untuk membaca artikel berikut:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri

  69. ika September 16, 2010 at 3:00 am #

    dear tips,
    untuk menu diatas bisa gak dibuat banyak terus separonya disimpan di magic jar untuk 2 kali makan?

  70. tipsbayi August 17, 2010 at 7:03 am #

    @ mama magie,

    Untuk tim, yang jelas aduk sampai menjadi bubur.

    @ bunda fe,

    Bisa matang. Mengenai BAB, memangnya harus mencret? :) Asalkan fesesnya normal dan bayi Anda tidak menunjukkan gejala sakit, pada dasarnya kondisinya normal…

  71. bunda fe August 13, 2010 at 5:17 pm #

    dear tipsbayi; bayiku berumur 7 bulan 5 hari, berat 8,2 kg (normal kah ?). selama ini makanannya dimasak dgn cara beras merah/putih dimasak sampai menjadi bubur ditambah dgn bahan-bahan lain spt daging ayam/sapi, brokoli, wortel, jipang, dan juga apel yang kemudian disaring sampai halus dan bayiku suka. Pertanyaanku adalah apakah dgn cara ditim semua bahan yg disebutkan di atas bisa matang dgn sempurna? kmdn,akhir-akhir ini bayiku sering BAB tapi tidak mencret, kenapa ya? makan dan minum susunya normal. trims.

  72. mama magie August 13, 2010 at 2:00 am #

    sy mw tanya, biasanya kl ngetim itu brp lama ya?
    sy blom pny bayi c, ni sdg hml 4bln tp sudah excited cari2 makanan bayi (smpe saya catat di agenda lo), info2.. soalnya mw beri yg terbaik termasuk kasih asi exclusive.
    trus tolong dunk jika ada resep2 kirim ke eyiq_cute@yahoo.com, makasih tips bayi.. ga rugi browsing disini, Gbu!

  73. tipsbayi August 3, 2010 at 5:55 am #

    @ mama caca

    Coba Anda lihat-lihat di: http://www.tipsbayi.com/index.php/category/makanan-bayi

    @ diena bundanya Lulu

    Caranya adalah dengan disimpan di kulkas dan dihangatkan kembali saat akan dikonsumsi oleh bayi. Prinsipnya, makanan sisa tidak boleh lagi dikonsumsi atau dimasukkan kulkas. Maka itu, masukkan makanan dalam wadah-wadah kecil untuk satu porsi.

    @ umi amir

    Air tebu sebagai bahan pembuat gula pasir memang pilihan yang menyehatkan. Namun ketika air tebu diolah dan dicampurkan bahan kimiawi untuk membentuk kristal gula pasir, itulah yang menjadikannya tidak menyehatkan lagi. Maka lebih baik memilih gula merah (dari enau, atau kelapa) yang proses pengolahannya tidak menambahkan bahan kimiawi apa pun.

    Namun demikian, tetap lebh baik jika sebelum berusia 1 tahun bayi Anda tidak diberi tambahan gulgar…

  74. umi amir August 3, 2010 at 2:03 am #

    amir anakky umurnya dah 6 bulan,kemarin dicobain bubur susu beras merah,tapi anaknya ga doyan,,trus sama neneknya ditambahin gula merah,,eh dia akhirnya mau..
    emang gula merah boleh diberikan untuk bayi 6 bulan?apa bedanya ama gula putih?(soalnya setauku bayi di bawah setahun belum boleh gulgar),,

  75. diena bundanya Lulu July 26, 2010 at 6:57 am #

    anakku usianya hampir 7 bulan,selain bubur susu,makanan apalagi yg boleh diberikan Ya?krn dia blm tumbuh gigi.terus klo bikin bubur saring ma nasi tim harus sekali buat ya?kalo buatnya sekali utk pemberian 3x dlm sehari,gmn cara penyajian yg aman?harus dihangatkan lagi ato gk?…makasih

  76. mama caca July 24, 2010 at 6:15 am #

    anak saya sekarang usia 9 bulan, binggung mau buat makanan apa lagi, biasanya sop, semur, soto?menu yang laen apa yah yang baik gizi nya?

  77. Ike June 29, 2010 at 1:42 am #

    kanak saya berusia 6m3d (7.4 kg) kemarin lulus asi ekslusif. sampai sekarang juga masih ASI ditambah MP ASI berupa tepung beras merah, biskuit, & buah (pisang,pepaya, alpokat). Saya belum mengenalkan nasi tim, tapi akan segera saya coba buat sesuai resep dari tips bayi. kalau nasi tim akan saya simpan di freezer, untuk keesokan harinya berarti dipanaskan lagi dengan ditim atau cukup dikukus saja? soalnya saya tidak punya microwave. kalau ngetim cm buat sekalli makan rasanya agak ribet, jadi pengen nyoba buat 2x makan (2hari) terima kasih….

  78. tipsbayi June 22, 2010 at 7:00 am #

    widya:

    Boleh saja.. Oh ya.. berarti sekarang sudah ganti ya..? ;-)
    Kenapa dengan ASI Anda..? Tidak keluar..?
    Anda bisa memilih sufor yang cocok dan terbaik untuk bayi Anda, akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa ASI adalah susu terbaik untuk bayi Anda yang tidak akan tertandingi sekalipun oleh sufor termahal.. ;-)

    Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

    Dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

    Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

    ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

    Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

    Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

    Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

    Jadi pilih ASI atau sufor…? :-)

    Anda juga bisa baca artikel berikut:

    http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

  79. widya June 16, 2010 at 5:05 am #

    Tips bayi, saya mau tanya… Anak saya usianya 7bln sejak lahir aku beri susu formula. pas 6bln aku ganti merk susu, blh apa ga?

  80. tipsbayi May 19, 2010 at 3:28 am #

    mami dhika:

    Anda bisa membuat makanan alternatif seperti: kue mangkok, muffin, puding, omelet, biskuit buatan sendiri dan lain-lain..

    Selain Anda memvariasikan makanannya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi Dhika yang susah makan atau kurang nafsu makan atau bosenan..

    * Menetapkan jadwal waktu makan bagi Dhika dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan Dhika.

    * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi Dhika, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai Dhika.

    * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan Dhika adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

    * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan Dhika adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi Dhika.. :-)

    * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya ..

    * Anda perlu membiasakan melatih Dhika makan sendiri untuk melatih motorik halus dan kasarnya juga melatih kemandirian.. Hanya saja tetap perlu pengawasan dari Anda.. ;-)

    Dan.. mulailah merubah tekstur makanan Dhika secara bertahap..

  81. mami dhika May 17, 2010 at 7:14 am #

    Salam kenal Dok,
    anak saya skg umur 2 thn tapi dari kecil makannya susah sekali dari bayi sampai sekarang masih diblender dan sudah 3 hari ini mogot tidak mau makan maupun juice. saya sih coba kasih biscuit dan kentang goreng dia mau tapi hanya sedikit sekali kentang goreng hanya 1/2 pcs bagaimana solusinya??? terima kasih sebelumnya.

  82. tipsbayi May 10, 2010 at 7:20 am #

    astri:

    Sama-sama.. ;-)
    Oh ya.. Anda juga bisa cari resep lainnya di:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/category/makanan-bayi

  83. astri May 7, 2010 at 3:20 pm #

    waaah thanks atas resep nya aq dah kebingungan bwt makan fathan yg lebih bervariasi.

  84. Jiant April 23, 2010 at 4:01 am #

    wah.. terima kasih infonya…
    kebetulan ada bayi dirumah.
    ntar sore buat ah. :)

  85. tipsbayi April 4, 2010 at 6:50 am #

    Mama Reyhan:

    Selamat mencoba deh.. ;-)

  86. Mama Reyhan April 2, 2010 at 10:25 am #

    Thanks udah sharing ini, resepnya akan saya coba di rumah…..

  87. tipsbayi March 24, 2010 at 3:05 am #

    Mama ReLyn:

    Meskipun beratnya sedikit kurang ideal, akan tetapi masih NORMAL kok..

    Pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat.

    Untuk memastikan apakah bayi Anda masih dalam kategori normal, kurang atau berlebih, Anda dapat mengecek atau membandingkannya melalui kurva Lubchenko yang terdapat pada buku pantau tumbuh-kembang bayi atau KMS (Kartu Menuju Sehat) dari Puskesmas atau Rumah Sakit. Nah, berdasarkan kurva tersebut, parameter untuk mengetahui pertumbuhan bayi tidak hanya dilihat dari pertambahan BB, tapi juga tinggi badan dan ukuran lingkar kepala..

    Agar berat badan bayi Anda tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.

    Untuk pemberian vitamin boleh saja akan tetapi sebaiknya Anda konsultasikan dan periksakan dahulu dengan DSA atau ahli gizi, karena setiap bayi akan berbeda kebutuhan jenis vitamin yang diperlukannya.. ;-)

    Untuk menambah nafsu makan bayi Anda, Anda bisa mencoba memberikan air rebusan kacang hijau..

  88. Mama ReLyn March 21, 2010 at 12:26 am #

    Salam kenal dok,
    putri sy usiax 5bln 20hr,dah mulai makan buah(pisang+suform) sjak usia 4bln 2kli shari,minum suforx 8kli shri 90ml, skrg beratx 6200gr tinggix 62cm, tp kta org2 putriku kecil dan kurus,,apa yg salah dg pertumbuhanx? Apa ada vitamin yg bs buat nambah napsu mkanx??

  89. tipsbayi March 11, 2010 at 1:56 am #

    ami:

    Masakan bubur atau tim untuk bayi boleh diberi bumbu masak alami. Contoh bumbu alami adalah bawang bombai, bawang merah, bawang putih, bawang daun, seledri, salam, serai, daun jeruk, kemangi, lengkuas, kunyit, kencur. Hanya saja untuk ini Anda perlu melihat dan menyesuaikan minat bayi Anda, apabila tanpa membubuhi bumbu alami minat terhadap makanannya tetap tinggi ya gak pakai bumbu pun tidak apa-apa.. ;-)

    Kalaupun Anda membubuhi makanan bayi Anda dengan bumbu alami jangan sampai terlalu merubah rasa hingga bisa saja bayi Anda malah menolak makanannya..

    Akan tetapi untuk pemberian garam sebaiknya jangan dulu.. Fungsi ginjal bayi Anda belum cukup matang untuk menyisihkan kelebihan mineral dalam garam dapur. Maka segala jenis menu dengan kandungan garam dapur, apalagi yang berlebihan, sebaiknya dijauhkan dari menu harian bayi Anda.

    Natrium sudah mencukupi dari bukan garam dapur, tubuh memang membutuhkan mineral natrium yang dapat diperoleh dari garam dapur, namun tak perlu mengonsumsi khusus garam dapur jika natrium yang terkandung dalam bahan makanan alami sudah mencukupi..

    Termasuk kecap, kita tahu garam dapur dalam kecap, kendati namanya kecap manis, kandungan garam dapurnya juga melebihi kebutuhan tubuh..

    Jadi sebaiknya Anda tunda dahulu pemberian garam pada makanan bayi Anda sampai bayi Anda berusia lebih dari 1 tahun.. itupun pemberiannya tidak boleh berlebihan.. ;-)

  90. ami March 8, 2010 at 7:19 am #

    oy ne email sy ami.nurhasanah@yahoo.com

  91. ami March 8, 2010 at 4:04 am #

    anak saya umur 7 bulan lbh 1 minggu sy krg kreatif bgt buat bikin menu2 tim tlng dong bunda2 email ke sy ya resep2 menunya…. sy slalu di bilangin suruh pake garam dikit z buat gurih2 biar anak mau makanyya… sya jd bingung …?? klo di tambahin bawang merah+ pala + daun salam boleh ga ya?

  92. tipsbayi March 8, 2010 at 2:53 am #

    lina:

    Fungsi ginjal bayi Anda belum cukup matang untuk menyisihkan kelebihan mineral dalam garam dapur. Maka segala jenis menu dengan kandungan garam dapur, apalagi yang berlebihan, sebaiknya dijauhkan dari menu harian bayi Anda.

    Natrium sudah mencukupi dari bukan garam dapur, tubuh memang membutuhkan mineral natrium yang dapat diperoleh dari garam dapur, namun tak perlu mengonsumsi khusus garam dapur jika natrium yang terkandung dalam bahan makanan alami sudah mencukupi..

    Termasuk kecap, kita tahu garam dapur dalam kecap, kendati namanya kecap manis, kandungan garam dapurnya juga melebihi kebutuhan tubuh..

    Jadi sebaiknya Anda tunda dahulu pemberian garam pada makanan bayi Anda sampai bayi Anda berusia lebih dari 1 tahun.. Setelah 1 tahunpun pemberiannya tidak boleh berlebihan..

    Untuk membuat gurih makanan bayi Anda.. Sebaiknya jangan menggunakan perasa tambahan yang lain. Anda bisa menggunakan air kaldu yang bisa Anda buat sendiri atau sedikit keju.. ;-)

  93. lina March 5, 2010 at 12:50 am #

    dokter saya mau tanya anak saya umur 6 bulan 10 hari , sudah saya berikan nasi tim..saya pernah memberika bubur tim ( yg sasaet) tidak cocok…yaitu kluar merah3 sep: bentol3,batuk,pilek…yang saya mau tanyakan adl: setipa kali saya membuat nasi tim sendiri saya selalu memberika garam dan gula, apakah ginjalnya tidak2 atau sebaiknya diberhentikan saja…

  94. tipsbayi February 11, 2010 at 8:01 am #

    sari:

    Selalu..? Barangkali sering ya.. ? Bayi Anda muntahnya setelah makan? Kalau setelah makan bisa jadi karena bayi Anda terlalu kenyang.. Maka sebaiknya Anda memperkirakan porsi makan bayi Anda. Atau bisa saja karena sebelumnya bayi Anda minum ASI dan sekarang Anda berikan bubur dengan campuran sufor, maka kemungkinan bayi Anda tidak cocok sufornya.. Atau tidak cocok makanannya.. :-)

    Memang ada beberapa kemungkinan .. Dan ini memerlukan data dan penelitian yang jeli.. Maka sebaiknya Anda bawa bayi Anda ke DSA agar mendapatkan pemeriksaan yang akurat..

  95. sari February 10, 2010 at 7:03 am #

    Dok,saya mau tanya tentang anak saya yang baru usianya 7 Bulan,kalau anak saya makan selalu muntah,kenapa ya Dok?Trim’s

  96. tipsbayi February 10, 2010 at 4:15 am #

    MamaRaffi:

    Anda bisa mensiasatinya dengan bahan lain agar rasanya gurih tidak harus garam, misalkan pakai keju, atau susu campurannya diperbanyak agar rasanya mirip-mirip makanan utamanya.. Susu..

    Sebaiknya bayam dikonsumsi setelah dimasak jangan sampai lebih dari 4 jam. Maka sebenarnya Anda bisa mensiasatinya juga dengan cara.. Campuran bayamnya di buat dadakan setiap beberapa jam sesuai kebutuhan.. Jadi bubur susu yang utamanya sudah jadi sejak awal.. Bagaimana..? ;-)

  97. MamaRaffi February 9, 2010 at 3:28 am #

    O,ya dalam salah satu menu harian yg saya jual memakai bayam sebagai bahan campurannya apakah berbahaya kalau disimpan sampai sore …..

  98. MamaRaffi February 9, 2010 at 3:15 am #

    Sejak satu bulan yang lalu, berbekal pengalaman membuat bubur tim untuk anak, saya mencoba menjual bubur tim saring di rumah dgn bahan2 yg Insya Allah terbaik, tanpa menggunakan garam dan MSG apalagi bahan pengawet serta kebersihan/hygienisnyapun terjaga dan Alhamdulillah responnya sangat baik. Tapi ada juga orang tua yang masih belum mengerti kenapa bubur buatan saya tidak menggunakan garam sebagai bahan penambah rasa karena rasanya memang tidak bisa segurih kalau kita memakai garam. Apakah Tips Bayi punya masukan ? agar saya tetap bisa menjual makanan bayi yg sehat tapi rasanya di suka oleh anak2……..

  99. tipsbayi January 20, 2010 at 8:12 am #

    yelny:

    Meskipun santan boleh-boleh saja Anda bubuhkan dalam makanan bayi Anda akan tetapi sebaiknya santan diberikan setelah bayi Anda diatas 1 tahun..

    Anda bisa menggantinya dengan susu formula, bahkan dengan ayam atau keju, untuk bayi sudah cukup gurih kok.. ;-)

  100. tipsbayi January 17, 2010 at 2:45 pm #

    feiby:

    Selain memvariasikan makanannya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

    * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

    * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

    * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

    * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda.. :-)

    * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya ..

    * Anda perlu membiasakan melatih bayi Anda makan sendiri untuk melatih motorik halus dan kasarnya juga melatih kemandirian.. Hanya saja tetap perlu pengawasan dari Anda.. ;-)

    Insya Allah resepnya menyusul ya..

  101. any January 16, 2010 at 8:36 am #

    Hallo.. tips bayi…
    makasih yaa..resepnya udah aku praktekin smua…btw anakku cowok skrang usia 7 bln. berat 9.5 kg.dari umur 0-6 bln. minum ASI aja. menginjak usia 6 bln. baru aq kasih makanan tambahan. disamlping minum ASI, anakku doyan makan banget. segala macam bubur bayi, buah pisang, pepaya, dilahap habis. sehari bisa 5 kali. habis kurang kurang terus sih….sehingga kalo makan mesti di stop. khawatir kelebihan berat badan….
    menurut anda…kalo si kecil terus terusan minta makan…apakah harus dituruti? kadang saya kasihan kalo ngeliatnya. (soalnya kalo saya turuti sehari bisa 6-7 kali) dg porsi wajar….terimakasih sebelumnya…

  102. yelny January 5, 2010 at 4:44 pm #

    apakah bisa menggunakan santan cair kemasan? misalnya kara..

  103. feiby January 2, 2010 at 4:17 am #

    hi tips bayi,..
    mohon untuk di kirim resep makan n perkembangan bayi 11 bulan yaa..
    bayiku skarang lagi kurang nafsu makannya makanya aq butuh menu yg lebih bervariasi,..
    tetima kasih
    feiby.ilat@gmail.com

  104. tipsbayi December 16, 2009 at 3:30 am #

    wen:

    Fungsi ginjal bayi Anda belum cukup matang untuk menyisihkan kelebihan mineral dalam garam dapur. Maka segala jenis menu dengan kandungan garam dapur, apalagi yang berlebihan, sebaiknya dijauhkan dari menu harian bayi Anda.

    Natrium sudah mencukupi dari bukan garam dapur, tubuh memang membutuhkan mineral natrium yang dapat diperoleh dari garam dapur, namun tak perlu mengonsumsi khusus garam dapur jika natrium yang terkandung dalam bahan makanan alami sudah mencukupi.. ;-)

    Kita tahu garam dapur dalam kecap, kendati namanya kecap manis, kandungan garam dapurnya juga melebihi kebutuhan tubuh..

    Jadi sebaiknya Anda tunda dahulu pemberian kecap pada bayi Anda sampai bayi Anda berusia lebih dari 1 tahun.. itupun pemberiannya tidak boleh berlebihan..

  105. wen December 15, 2009 at 6:15 am #

    halo…gua mo tanya nih….boleh gak bubur bayi di tambahkan kecap asin atau kecap manis ??? umur bayi gua 8 bulan…..thanks…

  106. tipsbayi December 2, 2009 at 3:42 am #

    diana:

    Memang benar, kebutuhan ASI atau sufor bayi yang sudah mendapatkan MPASI akan sedikit berkurang. Akan tetapi pada sela-sela jadwal makannya Anda bisa tetap memberikan ASI atau sufor sesuai dengan minat dan permintaan bayi Anda.

    Apabila minat ASI atau sufor kurang.. Anda bisa mensiasatinya untuk mencampur jatah susu yang seharusnya diminum bayi Anda ke dalam makanannya..

    Agar berat badan bayi Anda tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang seimbang. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang cukup.

    Penting bagi Anda untuk memfariasikan menu makan bayi Anda. Untuk itu Anda bisa melihat contoh menu-menu makan untuk bayi yang ada pada situs ini pada kategori makanan bayi.. ;-)

  107. diana November 30, 2009 at 5:35 pm #

    txs tips…
    tapi maaf sebelumnya,saya hanya bisa memberikan asi 3bln pertama karena disamping saya wanita bekerja juga wkt itu saya sempat sakit dan atas anjuran dokter saya tdk boleh menyusui jd solusinya pake sufor,pd awalnya anak saya suka minum sufor sehari 6-7x 200ml langsung habis,tp begitu masuk usia 5bln minum sufornya susah bgt sampe saya coba ganti beberapa merk sufor tetep aja nga doyan,kalau boleh tau yg menyebabkan bayi tdk mau minum susu krn apa penyebabnya??bs direkomendasikan sufor apa yg terbaik kandungan gizi dan yg bs meningkatkan bb bayi??kalo makan untungnya sampai saat ini anak saya doyan(kentang,wortel,brokoli,daging,tomat).oh ya tips adakah menu makanan lain yg gizinya tinggi??maaf pertanyaan saya agak banyak..terima kasih atas bantuannya

  108. tipsbayi November 30, 2009 at 2:57 am #

    diana:

    Bayi Anda tidak senang sufor.. apakah masih senang ASI? Memang berat badan bayi Anda kurang akan tetapi makan dan minumnya masih kuat dan tidak rewel kan?

    Bayi Anda pada usia 9-12 bulan, penambahan BBnya tidak akan terlalu mencolok sekitar 150–250 gram per bulannya, itu NORMAL..

    Ketika memasuki usia satu tahun, umumnya penambahan berat badan bayi mulai melambat lagi. Namun, bukan berarti terjadi penurunan. Beratnya tetap meningkat, hanya saja perlahan-lahan atau tidak sepesat sebelumnya. Yang jelas, Anda tidak perlu kaget atau khawatir. Itu artinya normal-normal saja sejauh bayi Anda sehat, yaitu memperlihatkan perkembangan secara bertahap, makan dan minum susunya masih mau serta tidak rewel..

    Agar berat badan bayi Anda tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang seimbang. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang cukup. Teruslah berikan ASI.. tidak ada sufor yang bisa menandingi kandungan ASI.. :-)

  109. diana November 27, 2009 at 5:11 pm #

    anak saya laki laki saat ini berusia 9bln tapi ada sedikit masalah dengan berat badan,karena menurut dokter anak saya berat badannya kurang hanya 7kg(lahir 3,5kg),ini dikarenakan anak saya tidak suka minum sufor dan sampai sekarangpun msh tdk terlalu suka minum susu tapi untungnya anak saya doyan makan sehari sampai 4x nasi tim,tapi untuk mengejar BB agar sesuai dengan usianya saat ini adakah tips atau resep yg bisa menaikkan berat badan bayi saya….
    terima kasih atas bantuannya……..

  110. tipsbayi November 21, 2009 at 3:36 am #

    bunda ihsan:

    Bila memang Anda sudah mencampurkan keju untuk penambah rasa, sepertinya sudah cukup.. Agar tidak terlalu asin, karena indera perasa bayi yang masih sangat sensitif, bayi Anda dapat merasakan rasa gurih dari kombinasi antara zat natrium atau kalium dengan klor yang terdapat dalam makanan/cairan. (Garam dapur kan hasil reaksi antara natrium + klor.)

    Membuat tim untuk 3x makan gak apa-apa, hanya perlu diperhatikan penyimpanannya harus higienis.. Dan pintar-pintarlah memfariasikan makanan agar tidak cepat bosan..

    Bayi Anda memang mempunyai tinggi ideal hanya beratnya sedikit lebih alias montok.. ;-)

  111. bunda ihsan November 19, 2009 at 6:49 am #

    saya mau nanya nih,, saya kalau ngetim buat anak saya langsung untuk 3x makan,pagi siang dan malam. Dan saya selalu mencampurkan keju dan margarin. Apakah kalau sudah pakai keju gak usah lagi pakai margarin ya?
    Selama ini anak saya makannya lahap, umurnya 8bln,beratnya 9.5, dan tingginya 67. ideal gak ya?

  112. tipsbayi November 11, 2009 at 4:35 am #

    uchi:

    Anda benar.., lebih baik membuat makanan bayi sendiri..
    Untuk menu makanan bayi, Anda bisa memilih ada beberapa menu yang bisa Anda coba. Anda bisa buka pada kategori makanan bayi.. ;-)

    Garam bisa Anda ganti dengan margarin atau keju..

  113. uchi November 10, 2009 at 9:25 am #

    friends..klo ada yang punya menu makanan bayi 7bln keatas mw dunk di shring, ke emailqu : uchigo_channel@yahoo.com,
    thx

  114. uchi November 10, 2009 at 9:16 am #

    kalau pengganti garam adalah maragarine boleh tidak y..??

  115. uchi November 10, 2009 at 9:11 am #

    tipsbayi,
    aq ibu bekerja, anak qu umur 7 bln..aq baru beberapa kali kasih bubur saring, krn menurut beberapa odiberikan bubur instant dulu saja, tp menurutqu bukannya lebih baik buburnya dibuat sendiri, tapi aq bingung untuk menunya…bisa tolong disharing dunk menu makanannya , terima kasih

  116. tipsbayi November 9, 2009 at 2:45 am #

    Dwi Rahayu :

    Ada kemungkinan bayi Anda bosan dengan makanan yang biasa, sebaiknya Anda fariasikan makanan bayi Anda. Sekarang di TipsBayi ada banyak pilihan resep makanan bayi untuk usia 6-8 bulan..

    Anda tinggal buka saja pada kategori makanan bayi.. ;-)

  117. Dwi Rahayu October 30, 2009 at 9:29 am #

    Putri pertamaku saat ini berusia 8bln….wkt dia 7bln sudah saya beri makan nasi tim plus ati atau ceker, waktu awal2 sie dia suka bgt, tp sudah seminggu ini dia selalu membuang muka kalau diberi makan, apakah karena dia bosan? kalau ada resep makanan bayi, boleh dong diemail ke saya….
    terima kasih sebelumnya

  118. tipsbayi October 20, 2009 at 3:54 am #

    Trias :

    Makanan bayi yang disimpan di dalam lemari es pada suhu 0-4 °C akan tahan selama 1-2 hari. Penyimpanan di dalam lemari pembeku (freezer) di dalam lemari es 1 pintu bisa bertahan selama 2 bulan, sedangkan dalam freezer di lemari es 2 pintu (pintu freezer terpisah) tahan selama 3-4 bulan.

    Dengan catatan selama pembuatan makanan tersebut serta bahannya diperhatikan kebersihannya.. ;-)

  119. Trias October 19, 2009 at 6:22 am #

    Maksud saya makanan yg sdh di olah, misal: kaldu, labu yg sdh diblender, kentang dll.

  120. Trias October 19, 2009 at 6:18 am #

    Tips. Berapa lama max kita menyimpan makanan bayi di kulkas? klo di frezer? tq

  121. tipsbayi September 14, 2009 at 4:23 am #

    Devie :

    Anda bisa memilih buncis yang masih muda dan jangan lupa meskipun diblender tetap buncisnya harus matang.. :-)

  122. Devie September 11, 2009 at 10:26 pm #

    Saya pernah membaca sebuah buku, di situ dituliskan bahwa buncis belum dapat dikonsumsi baby yang berusia 1 tahun and below karena even sudah diblender ataupun disaring,seratnya membuat baby lebih gampang tersedak..

  123. tipsbayi August 11, 2009 at 3:48 am #

    Halo.. “Bisnis Pulsa Syariah..,

    Ngetim ya..lamanya sampai jadi tim saja..:-) Insya Allah vitaminnya gak rusak kok.. vitamin yang rusak biasanya vitamin c, tapi kan biasanya buah tidak direbus ya..

    Hmm..gizi kurang..? Apakah dokter memberikan jenis vitamin atau arahan harus memperbanyak jenis makanan? Sepertinya Anda variasikan saja jenis makanan dan variasi campuran nasi tim nya seperti ikan, sayuran, daging, ati, keju jadi seimbangkan gizi bayi Anda dan jangan lupa ASI masih bagus diberikan ..

    Semoga diagnosa dokter salah… ;-)

  124. Bisnis Pulsa Syariah August 7, 2009 at 10:51 pm #
  125. tipsbayi August 1, 2009 at 3:29 am #

    Mama bianca :

    Untuk minum dan makanan bayi jelas yang paling baik adalah air susu ibu, bahkan untuk bayi dibawah 6 bulan jangan dberi minum air putih, meskipun anak Anda 7 bulan ada baiknya anak Anda jangan diberi terlalu banyak air putih dulu, perbanyaklah ASI maka dengan demikian anak akan mendapatkan imun dari berbagai penyakit..

    Teh mengandung kafein, jadi minum teh tidak terlalu baik untuk anak-anak, hal ini dikarenakan setelah minum teh anak-anak akan mudah terangsang semangatnya, nafsu makannya menurun, selaput lendir saluran pencernaan menyusut sehingga mempengaruhi pencernaan makanan dan penyerapannya, apalagi anak Anda masih tergolong bayi..

    Anda jangan mudah menyerah untuk “menemukan” menu yang ia sukai. Coba berikan variasi menu yang lebih banyak lagi.. :-)

  126. bunda raja July 31, 2009 at 2:53 pm #

    Waduh resepny oke punya neh,kbetulan baby raj dah mulai makan nasi tim n resep ini bisa jadi alternatifny,thanx a lot 4 tips bayi

  127. Mama bianca July 28, 2009 at 3:29 pm #

    Hi,bayiq,bian, skrg 7 bln 1 hr. Uda knl mpasi sjk umur 4bln,tp on demand,kalo bian mau aja. Krn bingung,dl dkasi pisang lumat campur su2. Trus bosen,ganti bubur su2 instan.mulai 6bln,aq br cr2 resep,tlt bgt yak..tp gitu aq masakin sendiri,ko ga doyan y?akhirnya nyerah,k instan lg. Na skrg br mau cb2 lg. Mohon dkirim bila ada resep br. Oiya,bian ga doyan susu formula,bahkan asi jg ga mau kalo dr botol ato disendokin.akhirnya dr pagi jam 6 hingga jam 2 ga minum susu,diganti sari buah,ato air pth.klo dkasi teh bening boleh ga y?ada saran?trimakasi sbelumnya

  128. tipsbayi June 24, 2009 at 4:34 am #

    Mama sholeh :

    Nggak apa-apa.., asal jangan terlalu banyak saja.., apapun kalau kebanyakan tidak akan jadi baik.. :-)

  129. tipsbayi June 24, 2009 at 4:31 am #

    bunda farras :

    Beras merah, cuci bersih, lalu rendam, minimal 2 jam, karena beras merah lebih lama matangnya dengan direndam terlebih dahulu proses melunakkannya jadi tidak selama dibandingkan dengan langsung dimasak, proses masak sama seperti beras putih tapi agak lama .. ;-) Semoga berhasil..

  130. Mama sholeh June 22, 2009 at 7:14 am #

    Thanx ya dah di reply. Mo nanya lagi nich, anakku suka banget mkan nasi tim dicmpur ma keju, tpi dia lebih girang lgi klaw kejunya langsung dimakan tanpa nasi tim, biasanya aku parutin kejunya didpan dia, ga papa ya? Skali lgi thanks infox..

  131. bunda farras June 19, 2009 at 6:49 am #

    klo pengen kasih nasi tim dari beras merah caranya gimana ya…aku udah coba hasilnya nggak bisa lembek,akhirnya aku blender terus dimasak lagi

  132. tipsbayi June 15, 2009 at 4:30 am #

    bunda faras :

    Sebaiknya santan diberikan setelah bayi Anda diatas 1 tahun itupun harus encer dulu, dengan ayam atau keju buat bayi sudah cukup gurih kok.. ;-)

  133. tipsbayi June 15, 2009 at 4:01 am #

    Bunda Qyu :

    Boleh saja.., tapi kenapa tidak dicoba diberikan ASI yang disimpan dahulu di lemari es kemudian diberikan ketika Anda tidak ada dirumah dengan cara dihangatkan dahulu dengan merendam botol berisi ASI dengan air panas, cara ini akan mempertahankan pemberian ASI untuk bayi Anda, selamat mencoba.. ;-)

  134. bunda farras June 14, 2009 at 10:24 am #

    kalau dicampur santan biar gurih bisa nggak?

  135. Bunda Qyu June 13, 2009 at 6:15 pm #

    hay… anak saya berusia 6 bulan dan rencana nya saya ingin memberikan MPASI untuk anak saya tapi saya ingin memberikan susu formula juga, dan selama ini saya memberikan ASI EKSKLUSIF ,pertanyaan nya…boleh nggak saya memberikan susu formula untuk tambahan bayi saya dari pagi hingga sore dan malam nya ASI..makasih

  136. tipsbayi June 9, 2009 at 4:28 am #

    mami kinza :

    Tunggu aja ya.. ;-)

    titin :

    Garam buat bayi kurang bagus.., karena ginjal bayi masih belum siap, fungsi ginjal bayi belum cukup matang untuk menyisihkan kelebihan mineral dalam garam dapur. Maka segala jenis menu dengan kandungan garam dapur, apalagi yang
    berlebihan, sebaiknya dijauhkan dari menu harian bayi.

    Anda bisa gunakan keju sebagai pengganti biar tetap gurih.. ;-)

  137. titin June 8, 2009 at 8:24 am #

    bagaimana ya anakku tuh demen yang gurih2 jd bubur timnya slalu ak kasih garam baik ga ya untuk baby?

  138. mami kinza June 7, 2009 at 1:37 pm #

    makasih banyak tipsnya.kalo bisa resepnya ditambah lg.

  139. tipsbayi June 6, 2009 at 3:16 am #

    Mama Sholeh :

    Untuk resep makanan, sementara ini kami baru memiliki ini: http://www.tipsbayi.com/index.php/category/makanan-bayi

    Tunggu saja resep berikutnya ya… ;-)

  140. Mama sholeh June 5, 2009 at 1:17 pm #

    Thanks atas sarannya, slama ini babyku aku kasi bubur tim yg aku buat sendiri, dia selalu suka ama bubur yg dibikin ama mamax, besok2 aku mo coba tambahin keju ke makanannya, pasti dia suka.. Thanks ya resepx.. Klaw ada resep baru tolong kirim ke email ini yah.

  141. tipsbayi June 2, 2009 at 4:28 am #

    Tania :

    Oatmeal/ overmouth ada juga yang buat bayi, oatmeal itu kan emang bagus buat anak2 karena kandungan gizinya…biar usus tidak terlalu ekstra keras kerjanya….

    Kalau bayi ibu sudah berusia mendekati 1 tahun boleh kok diberi cemilan dg bahan dasar overmouth..

    Gemuk belum berarti sehat dan kuruspun tidak berati sakit, yang penting sehat kurus atau gemuk tidak terlalu masalah.. ;-)

  142. Tania June 1, 2009 at 1:32 pm #

    saya ingin tanya neh apa boleh bikin nasi tim buat MP-ASI itu saya ganti nasinya itu dengan oatmeal/ overmouth karena selain praktis membuatnya lembut pula hasilnya jadi ga perlu nasi yang diblender2, tapi hasilnya kenapa anak saya ga gemuk2 ya , apa karena ga cocok untuk bayi berumur 7 bulan ya, mohon sarannya makasih saya tunnggu loh penting

  143. Dave's mother May 25, 2009 at 6:00 am #

    Untuk 20 gram beras itu , berapa sendok susu ya? karena saya menakar beras nya dari sendok susu yg kecil (30cc = 1 sendok).
    Karena saya selalu merasa bubur/nasi tim yang sudah jadi banyak sekali setelah di blender/di saring.

    Thanks

  144. nori fiorentina s May 12, 2009 at 8:28 am #

    minta tolong donk,kl ada yg punya menu makanan bayi 7 bln,krn setiap hari saya ksh bubur tim saring sepertinya sdh bosan,kl sy ksh bubur instan terlalu sring jg ga bagus buat perkembangan bayi saya… tolong kl ada yg punya info…kirim ke email saya ya di fiorentinanori@yahoo.com

  145. tipsbayi May 4, 2009 at 11:39 am #

    Roy:

    Sebaiknya MPASI (Makanan Pendamping ASI) diberikan setelah usia bayi lebih dari 6 bulan. Untuk tahap awal Anda bisa memberikan buah-buahan dalam bentuk cair dan disendokkan kepadanya.

    Setelah ia terbiasa, Anda bisa perlahan-lahan menambah kekentalan makanannya dan bisa mulai memberikan nasi tim/bubur yang dihaluskan.

  146. Roy Fadhli May 2, 2009 at 10:01 am #

    Saya mau tanya, umur berapa sebaiknya bayi diberi makanan tambahan? untuk tahap awal apa sebaiknya makanan tambahan tersebut? Terima kasih.

  147. tipsbayi May 2, 2009 at 2:23 am #

    Diana:

    Silahkan Anda baca mengenai hal ini di artikel:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/pemberian-keju-untuk-bayi-boleh-tidak

  148. tipsbayi May 2, 2009 at 2:04 am #

    >> Alden:

    Untuk resep makanan, sementara ini kami baru memiliki ini: http://www.tipsbayi.com/index.php/category/makanan-bayi

    Untuk pemberian air putih, bisa Anda cobe menggunakan sendok dan sedikit-sedikit pemberiannya.

  149. Diana JPS May 1, 2009 at 10:08 am #

    Saya mau tanya nich, apa semua jenis keju cocok untuk bayi 6 – 12 bln ??? kebetulan bayi saya sdh berumur 7 bln,saya blm pernah kasih Keju,selama ini saya kasih bubur tim beras merah,sayur cecim,ikan salmon,kacang hijau dan wortel.
    Rencananya saya mau kasih Keju sebagai menunya, boleh gak ya ??? takut gak cocok.

  150. Alden May 1, 2009 at 3:19 am #

    tips bayi..minta resep makanan bayi usia 4 bulan donk..coz anakku tidak asi xclusif
    jd dia sudah aku kasih biskuit bayi…semenjak itu bobo na nyenyak sekali..untuk memberikan air putih setelah makan boleh ga ya untuk umur 4 bulan???

  151. tipsbayi April 24, 2009 at 12:12 am #

    Mira:

    Memasuki usia 6 bulan, bayi dapat diperkenalkan pada makanan padat berikutnya, seperti nasi tim. Nasi tim biasanya terdiri dari bubur beras ditambah lauk berprotein hewani maupun nabati ditambah sayuran seperti wortel dan bayam.

    Ada baiknya nasi tim dihaluskan terlebih dulu sebelum diberikan pada bayi. Anda bisa melakukannya menggunakan blender. Setelah bayi menginjak usia diatas 10 bulan, nasi tim tidak perlu dihaluskan lagi.

  152. Mira April 23, 2009 at 4:12 am #

    @Resta Fitri:
    aku pernah baca kalo madu sebaiknya jangan dikasih ke bayi dulu sampe umur 2 tahun krn beresiko adanya bakteri botulism. Recheck lagi deh…

    @tipsbayi:
    untuk bayi 6 bulan sebaiknya makanannya ditim atau dibuat bubur aja? Soalnya aku baru kasih bubur instan…

  153. tipsbayi April 21, 2009 at 12:50 am #

    mina:

    Anda bisa menyimpannya di lemari pendingin (kulkas). Untuk amannya, makanan tersebut tidak Anda gunakan jika sudah melebihi 48 jam…

    Jangan memberi makan bayi langsung dari tempat menyimpannya. Ambil sedikit ke piring, bila kurang bisa ditambah. Air liur bayi yang menempel di sendok makannya bisa membawa bakteri yang membuat makanan menjadi cepat rusak…

  154. mina April 20, 2009 at 1:22 pm #

    saya mau bertanya setelah diberikan keju apakah bubur bisa bertahan lama sekitar 6 jam?masalahnya saya memasak bubur bayi sekali dipagi hari untuk sampai sore. apakah bubur tersebut masih aman dikonsumsi? terimakasih

  155. tipsbayi April 17, 2009 at 4:12 am #

    mamanyajordan:

    Pertimbangan tidak memberikan garam dan gula pada bayi adalah karena kehati-hatian. Takutnya ginjal bayi belum mampu mengolahnya dengan baik. Mengenai rasa, sebenarnya tidak mengapa jika bayi Anda tidak diperkenalkan kepada makanan yang “terlalu gurih”, toh mereka masih kecil.

    Ikan teri memang mengandung kalsium dan tidak mudah larut dalam air, berarti sangat bagus untuk tubuh kita. Kandungan terbanyak sebenarnya pada tulangnya, jadi yang paling bagus tentu saja memakan semua terinya, bukan hanya kaldunya.

    Untuk bayi Anda bisa menggunakan teri medan yang lebih mudah dilumatkan.

  156. mamanya.jordan April 16, 2009 at 1:52 pm #

    wkt 6bln anak saya kasih bubur susu lnstan,mknnya sk abis tp lamanya mnta ampyuun deh..pas usia 7bln br sy bikin sendiri makannya..Alhmdulillah mknnya lahap bgt..tiap bikin suka sy ksh keju..bilamana swktu2 anak saya bosan dg keju apa ada alternatif lain bwt penyedap rasanya..kan garam &.gula ktnya gk boleh (kenapa ya?)..satu lagi apa benar teri mengndung kalsium yg tinggi?teri jenis apa?yg d pake terinya langsung atau kaldunya?

  157. tipsbayi April 7, 2009 at 2:56 am #

    Kami rasa sama saja kok… perbedaannya hanya terletak di “cara” menghaluskan bubur… ada yang menggunakan saringan, ada yang dengan blender.

  158. Anonymous April 6, 2009 at 5:08 am #

    Saya msh bingung beda antara bubur saring,tim saring,bubur blender,konsinstensinya spt apa?saya biasa bkn tim buat anak saya umur 7 bln 22 hari tp kl langsung dksh sptnya anak saya sulit u/ mencernanya& lama mknnya,akhrnya saya blendr lg tim nya. Bunda nasha(eea_mojangpasundan@yahoo.com)

  159. ranti April 1, 2009 at 5:16 am #

    terima kasih atas resepnya…saya pny bayi 10 bln sejak umur 6 bln saya selalu memasak nasi tim sendiri, alhamdulillah selama ini makannya lahap…tp bbrp hari terakhir bayi saya susah makan, apa krn ia bosan dengan menu yang hampir sama tiap hari?krn saya selalu selang selingi menu beras, beras merah, wortel, brokoli, kembang kol, buncis, tempe, tahu,daging, tomat, jagung.

  160. tipsbayi March 13, 2009 at 4:25 am #

    Siti:
    Hmm…sabar ya..mudah-mudahan tidak akan lama lagi kami terbitkan artikel resep makanan untuk batita..

  161. siti March 12, 2009 at 11:45 am #

    tolong donk kirim resep buat saya karna aq udah kehabisan menu untuk anak saya yg mengijak 2 th

  162. tipsbayi March 5, 2009 at 4:38 am #

    Resfa Fitri:
    Menu diatas sudah cukup bagus.., memang 11 bulan sudah waktunya anak dikenalkan dengan makanan lunak (semi padat), Pemberian nasi tim dapat mengurangi anak bosan terhadap makanan karena nasi tim dapat disajikan dengan lauk yang sangat bervariasi apalagi anak Anda tidak susah dalam makan.. dan untuk pemberian madu memang sangat bagus untuk usia ini, ASI lebih tepat dipertahankan dan kita belajarkan sedikit-sedikit ke anak untuk pemberian makan padat dan berserat secara bertahap …semoga bermanfaat.

  163. Resfa Fitri March 4, 2009 at 7:43 am #

    Anak saya sekarang berumur 11 bulan. saat ini saya beri dia makanan campuran beras merah, kacang hijau, wortel, jagung, ikan atau ayam atau ati-ayam, bayam. semua dimasak ditambah garam 1/2 sendok teh, dan 1 sendok makan madu. Kemudian diblender, sehingga menjadi halus dan lembut.

    Anak saya termasuk mudah dalam soal makanan, dikasih apa saja dia mau makan. termasuk buah yang saya beri 2 kali sehari, umumnya pisang, kadang2 alpukat dan pepaya. Beratnya sekarang sudah 10,3 kg.

    Mohon saran apakah menu seperti diatas sehat untuk bayi, dan kapan sebaiknya diberi makanan agak padat, seperti nasi lunak/tim?
    Saya juga memberi madu (untuk bayi) 1 sendok teh setiap minum susu formula, apakah itu sehat? saya masih beri dia ASI, InsyaAllah sampai umur 2 tahun.
    Mohon maaf pertanyaan agak panjang, karena saya baru bergabung, senang sekali. Terima kasih banyak.

  164. Nining Sariyah February 23, 2009 at 4:12 am #

    Anak saya sekarang umur 7 bulan, dan Saya membaca resep ini sekitar 2 minggu yang lalu, saya mencoba mempraktekannya di rumah, karna selama ini saya memberikan makanan kepada anak saya yang instan (siap saji), pertama kali mencoba selain lama memang ribet…., tapi semakin lama justru membuat saya semakin semangat, karna anak saya suka banget dan sangat lahap makannya, memang sih pertama mencoba anak saya sempat mencret, mungkin karna peralihan makanan, tapi resep ini sangat bermanfaat buat kami yang baru memiliki anak pertama. thank,s tipsbayi, kami menunggu resep yang lainnya…..

  165. Ny. Kanthi February 18, 2009 at 5:47 pm #

    Anak saya usianya 6.5bln. Mohon kirim saya email tiap ada resep2 baru. Mksh

  166. Ny. Kanthi February 18, 2009 at 5:46 pm #

    Anak saya usianya 6.5bln.

  167. tipsbayi February 17, 2009 at 4:52 am #

    Emy:
    Mudah-mudahan untuk artikel berikutnya kami sertakan kandungan gizinya terima kasih atas masukannya..;-)

    Makanan bayi sebaiknya tidak diberi garam karena belum kuat diproses oleh ginjalnya. ASI dan formula sudah mencukupi kebutuhan garam ditubuhnya.

  168. emy February 13, 2009 at 3:56 am #

    kandungan gizinya disertakan juga dong….apakah bayi yang mengkonsumsi keju aman untuk pencernaannya?
    apakah aman membubuhkan garam pada makanan bayi? sebab tanpa dibubuhi sedikit garam, anak saya kurang doyan makan.

  169. irena January 29, 2009 at 12:05 am #

    @tipsbaby,

    bayiku aku cobain tim saring, tp ga pake nasi, aku ganti kentang n tanpa keju, malah ga doyan.., apa mungkin ga doyan kentangnya yah ato krn ga ada rasanya??, kalo miasalnya aku ganti beras, trus ga doyan juga, tipsnya apa nih spy doyan?? thx

  170. tipsbayi January 21, 2009 at 4:30 am #

    Mahfud:
    Berikan makanan kaya kalsium dan vit D, dan juga berikan sekali-sekali makanan yang agak keras seperti biskuit, tingkatkan kekerasan makanan dengan bertahap sesuai dengan usia.

    Anonymous:
    Pemberian ASI diteruskan, pada umur 6 bulan keadaan alat cerna sudah semakin kuat oleh karena itu, bayi mulai diperkenalkan dengan (makanan pendamping) MP-ASI lumat 2 x sehari.

    Untuk mempertinggi nilai gizi makanan, nasi tim bayi ditambah sedikit demi sedikit dengan sumber zat lemak, yaitu santan atau minyak kelapa/margarin. Bahan makanan ini dapat menambah kalori makanan bayi, disamping memberikan rasa enak juga mempertinggi penyerapan vit A dan zat gizi lain yang larut dalam lemak.
    Setiap kali makan, berikanlah MP-ASI bayi dengan takaran paling sedikit
    pada umur 6 bulan beri 6 sendok makan.

  171. Anonymous January 17, 2009 at 6:58 am #

    anak ku sudah mau memasuki umur 6 bln 10 hr lg, selama ini hanya full susu aja yg ku kasi, aku bingung nih mau kasi makan apa ntr, takut salah… plsss tolong di bantu dong, saran2nya.. tx y

  172. Mahfud January 6, 2009 at 7:12 am #

    Untuk tips bayi, boleh dong share lagi jenis makanan yang merangsang pertumbuhan gigi anak skalian sama resep2nya……

  173. Faqih's Mom January 5, 2009 at 8:40 am #

    terima kasih banyak resep2nya tips baby smoga faqih jadi lebih doyan makan karna ga bosen bundanya cuman bisa bikin bubur beras merah doank hehehe

  174. nieta December 11, 2008 at 4:43 am #

    trima kasih banyak ya atas resepnya

    sering2 ja resep nya ok

    sukses selalu

  175. dian December 2, 2008 at 4:59 am #

    resep lainnya dunk untuk bayi baru masuk MPASI…thx

    http://www.tokozio.co.cc

  176. rettya November 29, 2008 at 5:25 am #

    anak saya usia 8 bulan kalo makan sich ga susah tapi…kalo minum susu ampun dech…susah bgt cuman 100 ml/hari. habis dia sukaaa bgt ngemut jari dah dicoba semua cara spy dia lupa sama jarinya tapi ga bisa jg. gmn ya carany spya dia suka minum n lupa ma jarinya itu thx

  177. tipsbayi November 25, 2008 at 4:20 am #

    meliana:
    Coba deh Anda lihat di resep untuk Batita:
    http://keluargasehat.wordpress.com/2008/03/28/resep-untuk-batita/

  178. meliana November 24, 2008 at 9:39 am #

    ok punya neh, tapi anak saya sudah 17 bulan, dan saya juga selalu bingung mau buat makanan seperti apa lagi ya, karena anak saya sepertinya sudah bosan dengan menu hariannya, plz tips bayi, resep untuk anak 17 bulannya donk. thanx

  179. maya fatiani November 22, 2008 at 10:38 am #

    thanks alot buat menu mudahnya
    meskipun baby kami belum lahir, tapi info ini sungguh bermanfaat

  180. tipsbayi November 22, 2008 at 4:05 am #

    Apriyani;
    Untuk anak sebaiknya dipilih keju yang lunak dan sudah
    diproses seperti cheddar, Itu pun sehari sebaiknya tak lebih dari 3 slice keju
    Hal lain yang perlu diperhatikan, meski keju terbuat dari susu, tapi bukan
    berarti keju bisa menggantikan susu, lo.

  181. Apriyani November 21, 2008 at 3:57 am #

    Wah…kayaknya yumy nich…harus di coba nich.
    ngomong2 kalau menu keju, baiknya keju jenis apa yach?
    share dong tips baby…
    kutunggu lho
    thanks

  182. tipsbayi November 19, 2008 at 4:05 am #

    prani:
    Yang perlu ditanyakan kembali, apa saja makanan tambahan yang anda berikan? Berapa banyak susu yang anda berikan dalam sehari?

    Perlu diketahui bahwa anak usia 8 bulan sebaiknya sudah mulai mengenal makanan lunak. Makan lunak yang dimaksud adalah nasi tim. Bukan sekedar bubur susu dan buah saja. Bila anda masih memberikan bubur susu dan buah saja maka tidak heran anak anda akan bosan.

    Anak usia 8 bulan sebaiknya memiliki pola makan berupa :
    Susu 2x sehari @200-250 mL, buah atau biskuit 2x sehari, bubur susu 1x sehari dan nasi tim 2x sehari. Tekankan pada pemberian nasi tim, karena sudah saatnya anak anda mengenal makanan lunak (semi padat) ini. Pemberian nasi tim dapat mengurangi anak bosan terhadap makanan karena nasi tim dapat disajikan dengan lauk yang sangat bervariasi.

    Dengan banyaknya variasi, biasanya anak akan menjadi tidak bosan dan mau mengkonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak. Bila anak hanya mau makan sedikit-sedikit anda tidak perlu takut. diperlukan kesabaran berlebih dalam memberi makan anak. Semakin anda paksa, maka semakin anak anda menghindar untuk makan.

    Jadi buatlah suasana yang nyaman untuk makan, ajak makan sambil berikan permainan kecil-kecilan dan berbagai cara lain yang anda bisa coba untuk membuat suasana senyaman mungkin.
    Buah yang diberikan sebaiknya yang manis, tidak asam, lunak dan tidak merangsang pencernaan.

  183. prani November 18, 2008 at 8:20 am #

    bayi saya hampir 8 bln, cepet sekali bosan makan walaupun tiap hari ganti menu, paling banyak 10 sendok dimakan dgn lancar, sisanya susah habisnya. untuk bubur instan paling banyak 3 sendok makan bayi dibuatin. sebenarnya utk bayi umur 8 bln berapa ya rata2 takaran makannya. Bayi saya makan sdh 3 x sehari. Untuk pemberian garam ada beberapa resep baik dr internet atau buku ada yang memberi garam tapi katanya sebaiknya tidak diberikan. Saya coba anak saya gak mau makan tp kalo dikasi garam mau tuh…..

  184. tipsbayi November 13, 2008 at 3:32 am #

    ibunya zidane:
    memang sebaiknya di-tim…

    prani:
    untuk kebanyakan anak berusia 6-12 bulan, pada dasarnya tidak mengapa diberi asupan keju. Namun, segelintir bayi memang tidak cocok dengan keju. Jika memang bayi Anda termasuk salah satunya, ya pemberian keju dihentikan saja.

    Kalau masalah mencret, pasti bukan disebabkan karena pemberian makanan buatan sendiri, tapi yang harus kita telusuri adalah cara pembuatannya (higienis atau tidak) serta bahan yang digunakan, mungkin saja tidak cocok untuk bayi Anda.

  185. prani November 12, 2008 at 4:41 am #

    Resepnya ok tapi apa semua jenis keju boleh dikonsumsi bayi dibwh 1 th yaa? bayi saya sdh 7,5 bln, sempat buatin makanan sendiri tapi malah mencret. Apa ada yg salah ya?

  186. ibunya zidane November 12, 2008 at 3:44 am #

    zidane udah hmpir 7 bulan, sekarang udah mulai aku kasih nasi+sayur tp hanya aku blender, bukan di tim…. hbs lama sih, padahal sih emang jauh lbh baik ya kalo di tim

  187. ibunya zidane November 12, 2008 at 3:41 am #

    sebaiknya emang untuk makanan buat bayi kita jangan dikasih garam dulu nanti malah merangsang untuk darah tinggi.

  188. ragil November 12, 2008 at 2:32 am #

    Wah…makasih, tapi bayi saya masih 4 bulan…..saya akan simpan untuk umur anak saya 6 bulan…thank’s ya….

  189. tipsbayi November 12, 2008 at 2:02 am #

    leny:
    Sebenarnya kami sudah menyusun sih, ebook singkat berisikan kumpulan resep makanan bayi. Dan untuk saat ini ebook tsb masih menjadi bonus dalam paket “12 Bulan Pertama”…

  190. Hesty November 12, 2008 at 1:46 am #

    Makasih ya resepnya, saya kira belum boleh dikasih bubur saring. Soalnya tyo baru mulai makan umur 6 bulan dan baru saya kasih bubur susu yg saya masak sendiri.
    kirim2 resep lagi ya….

  191. elyzabeth November 11, 2008 at 8:03 am #

    Bagus juga resepnya saya udah buat sejak bayi saya berumur 6 bulan. Tapi saya menggunakan tahu,brokoli, keju n wartel alhasil bayi saya suka dengan buburnya.

  192. Rini November 11, 2008 at 7:15 am #

    Terima kasih tips bayi atas resepnya, anakku sudah memasuki bulan 6. Jadi sudah mulai makanan padat nich. Boleh donk menu yang lain…! Terima kasih

  193. Mita November 11, 2008 at 5:10 am #

    Thanx… Bgt resepnya mudah2an ntar babyku senang ya…

  194. hikmah November 11, 2008 at 4:26 am #

    wah terima kasih banyak ats kiriman resep makanan untuk bayinya. saya sangat senang sekali, karena saya udah bingung nagsih menu apalagi buat anak saya.

  195. leny November 11, 2008 at 3:38 am #

    bagaimana kalau dibuat buku semacam ebook utk resep makanan balita :)

  196. tipsbayi November 11, 2008 at 2:20 am #

    Desi:
    Wah… memang sebaiknya jangan pakai garam dan bawang…

  197. Desi November 10, 2008 at 6:26 am #

    bagaimana dengan garam, bawang merah, bawang putihnya?

  198. indri November 10, 2008 at 6:15 am #

    trim’s atas email tips resep bayi. klo bisa nambah lagi dong?

  199. Mahfud November 10, 2008 at 6:14 am #

    Ok makasih banget tips bayi resepnya. kebetulan baby saya sudah berunur 8 bulan, sewaktu umur 6-7 bulan membuat makan dari tepung beras di campur dengan labu parang dan wortel saja.untuk saat ini saya memberikan resep yang sama cuma di tambah buah(pepaya) dan ati ayam. tolong bagi2 resep lagi dari tips bayi untuk usia 8-9 bulan. terima kasih banget tips bayi

Leave a Reply