Resep Makanan Bayi: Pisang Ambon

Bahan:

1 buah pisang Ambon.

Cara membuat:

Cuci bersih pisang Ambon, lalu kupas
Kerik halus pisang, masukkan ke dalam cangkir
Anda bisa menambahkan air tomat atau air jeruk pada kerikan pisang
Cara pemberian:

Untuk pertama kali, sebaiknya Anda memberikannya cukup sebanyak 1 sendok teh. Hari-hari berikutnya bisa ditambah sehingga dapat menghabiskan 1 atau 2 buah pisang.

Artikel yang berhubungan:

  1. Resep Makanan Bayi: Bubur Beras Stroberi Untuk Bayi 6-12 Bulan
  2. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Daging
  3. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Ikan Teri
  4. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Kentang
  5. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Ati Sapi
  6. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Telur
  7. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Ayam dan Keju

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

90 Responses to Resep Makanan Bayi: Pisang Ambon

  1. vedra October 7, 2012 at 7:06 am #

    Dear tip.saya sangat terbantu sekali dengan adanya rubrik ini.khususnya utk anak saya ini.terima kasih ya. Anakku usianya 6.5 bln n daffa baru 1 hari babnya sehari bisa sampai 5 kali dan setiap mau selesai babnya keluar bab agak encer dan sepertinya ada darah dan lendirnya sedikit.pertanyaannya apakah berbahaya babnya seperti itu.sebelumnya tips anakku paginya makan bubur beras merah+kaldu sapi+brokoli+tomat+keju dan setelah makan pagi anakku saya beri pepaya saring.jam 11 siang saya kasih pisang + alpukat yang disaring.jam 17.30 saya kasih lg bubur beras merah+brokoli+oyong+tomat. Apakah ada pengaruh dgn pola makannya. Oh ya tips anakku yg sering mengedan saat bab bisa menyebabkan terjadinya wasir apa tidak dan apakah mpasinya dihentikan dulu apa tidak?terima kasih sebelumnya

    • tipsbayi October 8, 2012 at 3:30 am #

      @vedra,

      Jika memang terdapat darah dan lendir pada BAB-nya, sebaiknya diperiksakan saja ke dokter… Dari diagnosa yang tepat, baru nanti bisa diambil keputusan, MPASI seperti apa yang cocok untuk si kecil…

  2. Michelle July 15, 2012 at 1:50 pm #

    Hai tips,
    mau tanya ni,
    yg dimaksud cangkir buah itu yg mana ya?
    Ukuran full cangkir buah brp ml?
    Anak ku 5bln 2minggu,.pemberian Asi nya masi lancar,
    Baru mulai aq kasi pure alpukat,.
    nah apakah pemberian pure alpukat jg hrs menGikuti ketentuan porsi buah (2porsi kecil = 2x 1/3 cangkir buah)?
    Mkanan yg dibuat pure spt pure alpukat,pure kentang,pure wortel apakah sdh termsuk mkan besar bagi bayi setara bubur susu yg dibuat dr beras?
    Apkah bayi nya saat ini sdh perlu diberi tambhan air puTiH?
    Trims ya

    • tips-bayi July 24, 2012 at 2:14 am #

      @ Michelle,

      Cangkir buah..? Cangkir yang biasa dipake minum jus buah bayi.. :-)
      Dalam satu set cangkir ukur tersedia 4 ukuran, yaitu ¼ cup (60 ml), 1/3 cup (80 ml), ½ cup (125 ml) dan 1 cup (250 ml). Itu cangkir ukuran..
      akan tetapi cangkir bayi sekitar +/- 100 ml saja..

      Pemberian makan sesuaikan dengan kesiapan bayi Anda, tidak harus langsung mengikuti ketentuan porsi.
      Makan pure termasuk makan besar.. karena pure itu makanan besar usia segitu selain bubur susu.. Yang nantinya berubah tekstur dan menunya sehingga makan besarnya jadi nasi.. ;-)

  3. ummuhafsah May 20, 2012 at 1:53 am #

    Untuk bayi prematur, pemberian MPASI -nya gimana ya?.

    putri kecil saya lahir di minggu 34, di bulan ke 6 ini kepalanya belum tegak sendiri kalo tengkurap. Apakah MPASI ditunda sesuai due date? atau kah tetap diberikan MPASI segera?.

    mohon penjelasannya yaa…

    • tips-bayi May 22, 2012 at 1:52 pm #

      @ ummuhafsah,

      Bayi Andai sudah 6 bulan ya..? :-) Sebelumnya kami sudah katakan pada ibu yang lain, tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur.

      Sepertinya bayi Anda sudah siap menerima MPASI bubur susu. Anda bisa mencoba memberikannya dari tekstur cair dan bubuhkan ASI sebagai campurannya lebih banyak agar rasanya tidak jauh dengan rasa ASI..

      Apakah bayi Anda sudah memperlihatkan tanda-tanda berikut?

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok

      Hanya saja.. Jangan Anda biasakan memberikan makanan instan. Apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet..

      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

  4. mama tristan April 4, 2012 at 12:56 pm #

    dear tips bayi.
    sya mau tanya,,anak sya pupnya berwarna hijau melulu,tapi kadang2 campur kuning sih,,
    knpa ya?apa karna ASI atau susu formulanya ya??maunya saya kasi dia mpasi,,pisang,,,
    apakah mau pupnya kuning klo di kasi psang,,
    tlong saranya ya tips..
    biar sya ngak bingung..
    trims,,

    • tips-bayi April 8, 2012 at 2:47 am #

      @ mama tristan

      BAB hijau masih normal tetapi tidak boleh terus-menerus muncul seperti itu, berarti makanan atau sufor yang bayi Anda konsumsi mempunyai kandungan gula & laktosa tinggi tapi rendah lemak.. Atau bila bayi disusui ASI berarti cara ibu memberikan ASI kurang tepat/belum benar (yang terhisap oleh bayi hanya foremik saja, dimana sibayi selalu mengisap ASI depan terlebih dahulu yang mempunyai kandungan gula & laktosa tapi rendah lemak yang membuat bayi cepat lapar kembali & ASI belakang yang mengandung banyak lemak akan terhisap setelah foremik habis, padahal hidmik (ASI belakang) inilah yang membuat feses bayi menjadi kuning.. ;-)

      Di dalam payudaranya, ibu memiliki ASI depan (foremilik) dan ASI belakang (hindmilk). Pada saat bayi menyusu, ia akan selalu mengisap ASI depan lebih dulu. Bagian ini mempunyai lebih banyak kandungan gula dan laktosa tapi rendah lemak. Sifatnya yang mudah dan cepat diserap membuat bayi sering lapar kembali. Sedangkan, ASI belakang (hindmilk) akan terisap kalau foremilk yang keluar lebih dulu sudah habis. Hindmilk mengandung banyak lemak. Lemak ini yang membuat tinja menjadi kuning.

      Nah, kalau bayi hanya mendapat foremilk yang mengandung sedikit lemak dan banyak gula, kadang-kadang terjadi perubahan pada proses pencernaan yang akhirnya membuat feses bayi berwarna hijau. Bahkan sering juga dari situ terbentuk gas yang terlalu banyak (kentut melulu), sehingga bayi merasa tak nyaman (kolik).

      Mestinya yang bagus itu tidak hijau terus, tapi hijau kuning, hijau dan kuning, bergantian. Ini berarti bayi mendapat ASI yang komplet, dari foremilk sampai hindmilk supaya kandungan gizinya komplet. Nah, ibu harus mengusahakan agar bayinya mendapat foremilk dan hindmilk sekaligus.

      Jadi.. Coba susui bayi Anda dengan salah satu payudara sampai ASI di situ habis, lalu pindah ke payudara berikutnya.. ;-)

      Meskipun demikian.. pisang bagus Anda berikan..

  5. lia February 23, 2012 at 11:30 am #

    selamat sore tips bayi,
    baby aku usia ny 6 bln 5 hr,sdh seminggu ini aku mulai kasih mpasi,mpasi awal aku berikan tepung beras merah yg aku masak sendiri +asi dan hy 1x sehri anjuran DSA nya. aku berencna memberikan buah spy baby aku gak bosan,buah yg akn aku berikan pertama kali alpukat dan pisang .yg mau aku tnyain mksd di pure itu gmn ya?sama gak dgn buah yg dikerok trus dihaluskan sm garpu? pemberian buah ny 1x dulu cukupkah ?makasih bnyk yah :)

    • tips-bayi February 28, 2012 at 2:43 am #

      @ lia,

      Cara membuat pure wortel/ kentang/ apel/ pisang, dll:

      1. Rebus atau kukus kentang atau wortel hingga empuk (apel dan pisang sebaiknya dikukus)
      2. Setelah empuk, angkat dan hancurkan menggunakan sendok atau garpu
      3. Campurkan ASI atau susu formula
      Jadi deeeeeeeh… ;-)

      Untuk pemberian 1 kali untuk awal sudah cukup..

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain.. ;-)

      Baik juga Anda baca artikel berikut..

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

  6. mama haikal January 22, 2012 at 5:55 am #

    anak sy baru berumus 3bln..tp dia sdh mulai memperhatikan makanan yg ada d piring sy dan memainkan mulutny ketika sy makan..rencanany umur 4bln nanti sy mau mulai memberikan Mpasi..apakah sdh bs d beri mpasi?dan menu apa yg pas untuk haikal?

    • tips-bayi January 26, 2012 at 2:59 am #

      @ mama haikal,

      Ya benar.. Anda bisa menunggu satu bulan lagi.. ;-)

      Banyak dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik.. ;-)

      Untuk makanan pertamanya sebaiknya bubur susu atau pure..

      Bubur susu.. Anda bisa membuat bubur susu sendiri dari tepung beras putih/ merah..

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      2. Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      3. Tentu bisa Anda aplikasikan.. hanya saja untuk tekstur yaitu campuran ASI/ sufornya harus Anda sesuaikan.. Buatlah rasanya semirip mungkin dengan makanan pokoknya yaitu ASI.

      Cara membuat pure wortel/ kentang/ apel/ pisang, dll:

      1. Rebus atau kukus kentang atau wortel hingga empuk (apel dan pisang sebaiknya dikukus)
      2. Setelah empuk, angkat dan hancurkan menggunakan sendok atau garpu
      3. Campurkan ASI atau susu formula
      Jadi deeeeeeeh… ;-)

      Baik juga Anda baca artikel berikut..

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

  7. veronica December 9, 2011 at 2:38 pm #

    saya mau tanya anak saya berumur 4bln kl saya ksih makan pisang.bagus gak bwt percenaannya.trus berapa sendok?dan berapa kali ngasih pisang nya?sebelumnya makasih.

    • tips-bayi December 17, 2011 at 4:35 am #

      @ veronica,

      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik..

      Untuk makanan pertamanya sebaiknya bubur susu atau pure..

      Bubur susu.. Anda bisa membuat bubur susu sendiri dari tepung beras putih/ merah..

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      2. Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      3. Tentu bisa Anda aplikasikan.. hanya saja untuk tekstur yaitu campuran ASI/ sufornya harus Anda sesuaikan.. Buatlah rasanya semirip mungkin dengan makanan pokoknya yaitu ASI.

      Cara membuat pure wortel/ kentang/ apel/ pisang, dll:

      1. Rebus atau kukus kentang atau wortel hingga empuk (apel dan pisang sebaiknya dikukus)
      2. Setelah empuk, angkat dan hancurkan menggunakan sendok atau garpu
      3. Campurkan ASI atau susu formula
      Jadi deeeeeeeh…

      Baik juga Anda baca artikel berikut..

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

  8. mama faiz October 8, 2011 at 1:56 pm #

    dear tips bayi,,
    jagoan saya berumur 8 bulan, tp kog gignya blm tumbuh ya? apa hal tsb normal ya? oiya di sekitar leher ada bintik merah berair, sya takut itu cacar air. menurut tips byi itu apa ya? awalnya satu tapi lama kelamaan jd banyak. trims infonya

    • tipsbayi November 5, 2011 at 3:19 am #

      @ mama faiz,

      Belum tumbuh gigi..? Anda jangan khawatir.. Perkembangan fisik dan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Termasuk pertumbuhan gigi. Pada setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan gigi yang sama, meskipun kakak beradik sekalipun. Faktor keturunan sangat berpengaruh..

      Anda tidak perlu mencari vitamin agar gigi bayi Anda tumbuh cepat.. Mungkin Anda dan/atau suami Anda pun memiliki sejarah yang sama dengan bayi Anda… :-)

      Apabila pada usia 14 bulan belum ada tanda tumbuh gigi barulah Anda konsultasi dengan dokter ahli gigi..

      Bintik merah berair.., bintik-bintik seperti itu bisa jadi biang keringat atau alergi kulit. Harus diteliti lebih lanjut lagi, karena bisa saja bukan alergi hanya biang keringat saja.. jadi perlu perhatian yang seksama.

      Kalau tidak demam itu bukan cacar atau campak..

      Sepertinya sih biang keringat, ini biasa terjadi akibat tersumbatnya kelenjar keringat, jadi solusinya:
      * Mandi secara teratur dan keringkan dengan handuk lembut.
      * Ketika berkeringat, seka badan dengan lap basah dan keringkan kembali dengan handuk kering.
      * Gunakan baju yang berbahan katun dan nyaman dipakai (tidak terlalu sempit), untuk mengurangi panas.
      * Jagalah ventilasi ruangan, agar pertukaran udara berlangsung lancar dan lebih sejuk.. ;-)

      Ada beberapa alternatif untuk mengobati biang keringat:

      1. Dengan VCO (Virgin Coconut Oil)
      2. Dengan Minyak Telon (pilih yang kandungan minyak kelapanya 60%, agar tidak terlalu panas)
      3. Bedak Salicyl (bisa dicampur dengan air, seperti bedak dingin)
      4. Bedak tabur

  9. tipsbayi September 30, 2011 at 5:52 am #

    @Mama Lio,

    Coba Anda baca di:
    http://www.tipsbayi.com/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan.html

  10. Mama Lio September 27, 2011 at 4:55 am #

    Dear Tips Bayi,
    Usia berapa bulan anak mulai konsumsi telur dan hati ?
    apakah bayi 6bln sudah bisa diperkenalkan ama Keju Cheddar?
    Trims atas tips nya

    Salam,
    Mama Lio

  11. tipsbayi August 23, 2011 at 5:53 am #

    @ibu muda,
    Wah… sampai 6 bulan, bayi Anda sebaiknya hanya memperoleh ASI (ASI Eksklusif). Baca: http://www.tipsbayi.com/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan.html

  12. ibu muda August 22, 2011 at 9:32 am #

    dear tips bayi,
    bayi saya dari usia 4 bulan sudah makan pisang dan skg usianya 5,5 bulan. Yg mau ditanyakan : bagaimanakah untuk mengetahui bayi itu sudah kenyang atau kekenyangan,dan pisang apa yg baik untuk bayi seumur itu, lalu jika pisang dicampur dengan nasi bolehkah diberikan?,dengan takaran seberapa,trims

  13. tipsbayi June 25, 2011 at 5:49 am #

    @angela,
    Ikuti saja saran dokter Anda, karena dia melihat langsung kondisi si kecil, sedangkan kami tidak ;)

  14. angela June 23, 2011 at 3:26 am #

    Dear Tips bayi,
    Bayi saya 7.5 bulan menderita alergi, timbul bintik2 merah di tangan & kaki nya.
    Minggu lalu saya bawa ke dr utk imunisasi karena masih ada tanda bintik2 merah di tubuhnya dr tidak lakukan imunisasi tersebut, akhirnya dr memberikan obat racikan utk menghilangkan alerginya.

    yg menjadi pertanyaan saya boleh tidak bayi saat menderita alergi ( timbul bintik2 merah ) di imunisasi ?
    reaksi alergi tersebut tidak parah bintik2 di tangan & kaki seperti bekas gigitan nyamuk , tersebat di sekitar tangan & kaki ada 5 atau 6 titik seperti gigitan nyamuk.
    Mohon sarannya.

    Terima kasih Tps bayi.

  15. bunda jaky June 4, 2011 at 9:57 pm #

    anakku jaky sekarang umurnya baru 3bulan tapi sekarang dy sudah mulai memasukkan tangannya ke mulutnya dan kalo melihat saya makan kayak pengen banget gitu, saya jadi gk tega ngeliatnya.
    tapi untuk pemberian makanan pendamping asi saya belum berani pengennya sih kasih ASI ekslusif aja sampe 6 bulan, klo saya kasih Makan diumur dy sekarang boleh gk ya ?
    ditunggu sarannya maksih,

    • tipsbayi June 18, 2011 at 4:04 am #

      @ bunda jaky,

      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan.. ;-)

      Meskipun nantinya sudah diberi MPASI kami sarankan pertahankan pemberian ASI sampai bayi Anda berusia 2 tahun.. Bahkan ASI-nya bisa Anda campurkan pada MPASI-nya..

      Anda bisa baca link terkait:

      http://www.tipsbayi.com/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan.html

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

  16. Bundanya Nadya June 1, 2011 at 8:42 am #

    Dok…. saya mau tanya… ank saya umur 4 bln, smpai saat ini sy msh memberikan ASI exclusive hingga dia usia 6 bln.
    saya pernah konsul ke dokter spesialis anak’ untuk ASI exclusive tdk dianjurkan mengkonsumsi MPASI ataupun Sufor, dan tdk ada tawar menawar. Exclusive berarti cuman ASI yg harus diberikan.
    untuk meyakinkan’ apa bener pernyataan dokter anak saya tersebut.

    terima kasih untuk jwbannya.

    salam
    Bundanya Nadya

    • tipsbayi June 18, 2011 at 3:53 am #

      @ Bundanya Nadya,

      Benar bunda.. yang namanya ASI exclusive berarti ASI saja.. tanpa pernah di selang sufor.. ;-)

      Anda bisa tetap memberikan ASI selama Anda tidak di rumah, yaitu dengan memberikan ASI yang diperah atau dipompa dan di simpan di freezer, lalu di hangatkan dengan merendam pada air panas ketika akan diberikan pada bayi Anda..

      Bisa saja Anda memilih sufor yang cocok dan terbaik untuk bayi Anda, akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa ASI adalah susu terbaik untuk bayi Anda yang tidak akan tertandingi sekalipun oleh sufor termahal.. ;-)

  17. Shinta March 23, 2011 at 4:13 pm #

    tips..mo nanya ya..
    selain pisang,buah2an apa yg baik dikosumsi bwt bayiku yg usianya sdh 6 bln lebih ?
    thanks ya sblmnya..

  18. bunda eL February 16, 2011 at 3:34 am #

    jagoanku baru berumur 4bln 3 mgu, selama ini blm di beri MPASI hanya susu formula saja. Namun setiap kali dia melihat orang yg sedang makan mulutnya seperti ingin ikut merasakan. Apakah sudah boleh diberikan MPASI? Apa yg terbaik untuk MPASI pertamanya, mohon bantuannya. Terimakasih.

    • tipsbayi February 22, 2011 at 3:40 am #

      @ bunda eL,

      Sepertinya jagoan Anda sudah siap menerima MPASI.. ;-)

      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan.. ;-)

      Anda bisa baca link terkait:

      http://www.tipsbayi.com/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan.html

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

  19. richi damayanti February 11, 2011 at 6:28 am #

    tips..mau tanya nich????anak q umur 8bulan…setiap siang dikasih makan pisang dan habis 1buah,apakah itu tidak apa2 n gak menyebabkan nafsu makannya berkurang?selai pisang bagusnya buah apa yang bisa buat makan siang hari.trims

    • tipsbayi February 22, 2011 at 3:34 am #

      @ richi damayanti,

      Tidak apa-apa.. hanya saja memang sebaiknya Anda bedakan antara jadwal makan siang dengan jadwal makan buah.. Anda bisa memberikan jadwal akan buah pada pukul 10.00 pagi dan atau 14.00 siang (diantara dua jadwal makan).

      Anda bisa memberikan buah apa saja yang rasanya manis, teksturnya lembut dan tidak berbau menyengat. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan 5 porsi kecil (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah.. Berikan dengan bertahap tentunya.. ;-)

  20. ummu adam December 6, 2010 at 10:58 am #

    dear tips bayi, boleh ngga sih ASI digunakan sbagai bahan untuk memasak MPASI? bagaimana dengan kandungan gizinya setelah dimasak? trims.

    • tipsbayi December 17, 2010 at 3:35 pm #

      @ ummu adam,

      ASI sebagai campuran MPASI? Wah itulah yang paling bagus untuk bayi Anda.. Kandungan gizinya tetap masih bagus kok meskipun sudah dimasak.. ;-)

  21. rini bunda naila November 21, 2010 at 12:29 pm #

    Tips bayi, boleh gak sih masak mpasi sekali untuk 2 kali makan. Jadi biasanya aku bikin bubur beras merah or putih campur sayuran yang tahan lama sperti wortel n jagung manis untuk makan siang n sore. Yang sore tinggal diangetin aja. thanks

  22. nuri bundany jagad November 19, 2010 at 1:46 am #

    tips,jagad dh lm maem pisang ambon.ni mw dicoba pisang kepok,dr kandungan giziny bgs mn pis ambon ma pis kepok y?kalo buah sawo boleh ga diberikn bt byi?jagad umr 8bln bb 10,4kg pjg 75cm

    • tipsbayi November 24, 2010 at 1:05 pm #

      @ nuri bundany jagad,

      Meskipun kandungan gizinya hampir sama, sepertinya Anda lebih baik memilih pisang ambon.. Buah sawo yang matang boleh Anda berikan. Anda bisa memberikan buah-buahan apa saja yang teksturnya halus, rasanya manis dan tidak berbau menyengat..

      Dengan BB dan tinggi segitu Jagad termasuk besar dibanding seusianya.. ;-)

  23. Lina October 30, 2010 at 1:30 am #

    Saya ga pernah pakai susu formula.Pertama memang saya kasih campuran asi.Tp krn asi sudah tidak begitu banyak,selanjutnya tdk saya kasih asi lg.Jd cuma tepung beras aj.Tepung beras yg saya pakai Gasol.Apa pencernaan bayi saya belum kuat untuk menerima makanan tanpa campuran asi?

    • tipsbayi November 4, 2010 at 1:48 am #

      @ Lina,

      Kalau memang ASI sudah tidak keluar lagi, Anda bisa menggunakan sufor sebagai campuran MPASI-nya. Dan tetaplah Anda susui bayi Anda dengan ASI meskipun sudah tidak banyak. ASI bagaimana mindset kita dan ingat prinsif “suply and demand” ASI semakin banyak di pompa maka akan semakin banyak diproduksi.

      Proses pencernaan bayi Anda akan berkembang dengan bertahap. Jadi perbahan teksturnya juga harus bertahap. Berikan dulu makanan yang lebih cair, yaitu campuran susu sebagai pencairnya agak banyak, selain cair maka rasanya juga akan lebih mirip dengan makanan pokoknya ASI..

      Fariasikanlah bahan dasar MPASI bayi Anda, jangan hanya tepung beras saja.. ;-)

      Ada baiknya Anda mengunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan.html

  24. lina October 27, 2010 at 5:57 am #

    tipsbayi…bayi saya sekarang usia 5,5 bulan. 1 bulan yg lalu sudah saya kasih makan bubur tepung beras karena berat badannya kurang. 2 minggu kemudian diare dan panas, tetapi makannya tetap saya teruskan. sekarang diare lagi tetapi tidak panas. bab 3-5x sehari. apakah bayi saya tidak cocok dengan tepung beras? sebaiknya apa dicoba makan yang lain seperti pisang? terimakasih

    • tipsbayi October 29, 2010 at 3:18 am #

      @ lina,

      Bisa saja bukan karena tepung berasnya, tapi karena susu campurannya. Anda bisa coba susu campurannya ASI. Apabia setelah susu campurannya diganti tetapi masih tetap diare maka Anda bisa mengganti bahan dasar tepung berasnya dengan yang lain.. ;-)

  25. tresna October 19, 2010 at 12:28 pm #

    tipsbayi,…saya baru mempunyai anak,anak saya sekarang umurnya sudah 1 bln 1minggu…dari semenjak lahir saya kasih ASI terus.saya ingin tau gimana sih caranya memberikan ASI exlusive.terus makanan apa yg perlu saya hindari.terakhir klo si anak panas itu cara penanganan pertama gimana ya?

    • tipsbayi October 21, 2010 at 4:28 am #

      @ tresna,

      Memberikan ASI eksklusif berarti hanya memberikan ASI saja tanpa di tambah dengan sufor. Anda bisa memberikannya sampai bayi Anda berusia 6 bulan.. Setelah itu Anda bisa memberikan MPASI (Makanan Pendamping ASI) dan tetap mempertahankan pemberian ASI sampai bayi Anda berusia 2 atau 2,5 tahun.. ;-)

      Untuk ibu yang dalam masa menyusui ASI, umumnya tak ada makanan atau minuman yang harus dihindari karena ibu menyusui memerlukan makanan yang bergizi. Tetapi, kadang ada ibu yang mengeluhkan bahwa saat makan-makanan tertentu, si bayi akan merespons dengan kondisi tertentu. Contohnya; kacang-kacangan, makanan pedas, jeruk dan sebangsanya, kol, bawang, dan brokoli. Si kecil bisa merespons dengan menangis karena perut kembung atau tak enak perut. Jika memungkinkan, perhatikan asupan Anda dan perhatikan dampaknya pada si kecil.

      Selain itu, saat masa menyusui, hindarilah minuman yang mengandung alkohol dan kafein karena bisa menimbulkan reaksi pada bayi. Begitu pun dengan obat-obatan. Sebisa mungkin hindari obat-obatan saat sedang menyusui. Untuk sementara, berikan si kecil susu formula jika si ibu harus minum obat-obatan. Tanyakan pada dokter untuk lebih pastinya. Obat-obatan yang bisa memengaruhi susu, antara lain antikoagulan (warfarin), antihipertensi, antidepresi, beberapa antibiotika (tetrasiklin), dan pil kombinasi estrogen serta progesteron yang bisa menekan produksi ASI.

  26. tipsbayi September 16, 2010 at 3:14 am #

    @ metha,

    Bisa saja itu karena belum biasa..
    Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

    * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
    * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
    * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
    * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
    * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

    Jika setiap kali Anda mencoba menyuapkan makanan kepada si kecil dan lidahnya
    terus mendorong makanan tersebut keluar, berarti dia belum siap diberi MPASI. Kalau begitu, jangan dipaksa… ;-)

    Memang saat ini bayi TIDAK dianjurkan untuk menerima MPASI sebelum ia berusia 6 bulan, karena sistem pencernaannya belum kuat…

    Tahapan pengenalan MPASI:

    1. Mulai usia 6 bulan

    * Tekstur makanan : semi cair.
    * Mulailah dengan makanan lunak seperti biscuit yang diencerkan pakai air atau susu. Kenalkan pula bubur susu dalam jumlah sedikit demi sedikit. Bubur susu sebaiknya dibuat sendiri dari tepung beras yang dicampur dengan ASI atau susu formula. Untuk pengenalan rasa, selingi dengan tepung beras merah, kacang hijau, atau labu kuning.
    * Mulai pemberian sayuran yang dijus, kemudian buah yang dhaluskan atau di jus. Sayur dan buah yang disarankan yaitu: zicchini, pisang, pir, alpukat, jeruk.
    * Pemberian ASI atau susu formula di selang seling waktu makan utama.

    2. Mulai usia 7 bulan

    * Perkenalkan dengan tekstur yang lebih kasar (semi padat) yaitu bubur tim saring. Coba terus seandainya bayi menolak atau muntah karena tahapan ini harus dilaluinya.Jika tidak nanti bayi akan malas mengunyah.
    * Perhatikan asupan zat besi seperti hati sapi karena di usia ini cadangan zat besi bayi mulai berkurang.
    * Setelah secara bertahap pemberian tim saring, bayi bisa dikenalkan dengan nasi tim tanpa disaring.
    * Jenis sayur dan buah yang disarankan: asparagus, wortel, bayam, sawi, bit, lobak, kol, mangga, blewah, timun suri, peach.
    * Bisa juga ditambahkan ayam, sapi, hati ayam/sapi, tahu, tempe.

    3. Mulai usia 9 bulan

    * Mulai dikenalkan dengan bubur beras atau nasi lembek, lauk pauk dengan sayuran seperti sup.

    4. Pada usia lebih dari 1 tahun, anak sudah bisa mengkonsumsi makanan keluarga.

    Baca juga: http://www.tipsbayi.com/index.php/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan

  27. metha September 16, 2010 at 1:39 am #

    umur bayi saya 5 bulan, dan baru hari ini saya mulai beri makan awalnya cuma coba2 tapi bila disuapi pake sendok bubur susu nya tidak ditelan. apakah anak saya belum bisa makan???

  28. tipsbayi September 7, 2010 at 1:01 am #

    @ anita,

    Silahkan baca artikel berikut: http://www.tipsbayi.com/index.php/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan

    Untuk bayi yang belum bisa duduk tegak, bisa sambil digendong…

  29. anita September 1, 2010 at 5:56 am #

    posisi bagaimana yang baik saat diberi makan?apakah posisi tidur atau duduk?tapi bayi saya belum bisa duduk.tolong solusinya

  30. anita September 1, 2010 at 5:53 am #

    ass…
    bayi saya memasuki usia 6 bln, makanan apa sebaiknya yang pertama kali diberikan?

  31. tipsbayi August 24, 2010 at 7:22 am #

    @ Merry,

    Usia bayi Anda 1,2 bulan atau 1 tahun 2 bulan? Kalau 1,2 bulan tentunya belum diberi MPASI bukan?

    Sebagai informasi tambahan, silahkan baca: http://www.tipsbayi.com/index.php/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan

    Untuk bayi berusia di atas 6 bulan, berikan air putih sesuai dengan keinginannya…

  32. Merry August 24, 2010 at 6:45 am #

    Ass,….
    Bayi saya 1,2 bulan. Setiap dia mau buang air pasti rewel trus BAB 1x sehari,
    orang2 tua bilang saya tidak boleh konsumsi pepaya n pisang karena alasan mereka sibayi masuk angin. Apa itu benar?????

    Sebagai tambahan ASI apakah saya boleh membrikan air buah buat anak saya??????

  33. tipsbayi July 31, 2010 at 4:14 am #

    mommy celstyn:

    1. Terlihat bayi Anda sudah siap menerima MPASI. Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

    * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
    * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
    * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
    * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
    * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

    2. Selamat.. Bayi Anda termasuk sudah lulus mendapatkan ASI ekslusif sampai 6 bulan.. ;-) Bagus Anda masih memberikan ASI pada celstyn..

    ASI adalah susu terbaik untuk bayi Anda yang tidak akan tertandingi sekalipun oleh sufor termahal.. ;-)

    Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

    Dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

    Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

    ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

    Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

    Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

    Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

    Jadi pilih ASI atau sufor…? :-)

  34. bayi saya umur 1bln klo malam dia sering merintih apa solusiy dan asi saya kurang lancar. July 30, 2010 at 11:11 am #

    http://www.tipsbayi.com

  35. mommy celstyn July 25, 2010 at 4:06 pm #

    halo tips,

    bayi saya skr 6 bulan kurang 3 hari,,waktu di usia 6 bulan kurang seminggu saya sdh memberikan makanan bubur instant di pagi hari,buah di siang hari dan biskuit di sore hari,,bayi saya minum asi ekslusif dr lahir tp setelah 6 bulan kurang seminggu sdh saya kasih mkn krn saya tidak tega dan penasaran melihat bayi ku yg selalu menjulur2 kan lidah nya pada saat saya mkn di depan nya.seperti nya dia sdh ingin makan makanya saya berikan dia makan keesokan nya..yang jadi pertanyaan saya :
    1. tidak apa2 khan saya memberikan makanan bubur,buah dan biskuit kurang dr 6bln ?
    2. apa itu termasuk pemberian asi ekslusif smp 6 bln?
    3. sampai skr sya masih memberikan asi pada bayi saya, apa saya harus lanjutkan / bolehkah nanti nya saya berikan sufor pada bayi saya?

    terima kasih tips,,^.~

  36. tipsbayi May 31, 2010 at 4:42 am #

    Mama Haekal:

    Wa’alaikum salam,

    Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

    * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
    * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
    * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
    * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
    * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

    Dan.. Untuk bayi Anda yang baru berusia 2 bulan, sepertinya belum siap untuk menerima MPASI. Atau Anda bisa konsultasi langsung dengan DSA Anda.. :-)

  37. Mama Haekal May 26, 2010 at 1:36 am #

    Assalamualaikum..

    bayi sy 3hr lg 2bln, sdh 2hr sy beri pisang ambon 1buah/hr. Alhamdulillah dia suka, dn tetap ceria spt biasanya. BAB jg masih 2kali sehari, cm yg berbeda wrn vesesnya selain kuning ada hijaunya…

    Apa pemberian pisang ambon msh bs sy lanjutkan?

  38. tipsbayi May 7, 2010 at 2:16 pm #

    alya:

    Bayi Anda aktif ya.. ? BB bayi Anda masih NORMAL meskipun memang kurang ideal, pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat.

    Untuk memastikan apakah bayi Anda masih dalam kategori normal, kurang atau berlebih, Anda dapat mengecek atau membandingkannya melalui kurva Lubchenko yang terdapat pada buku pantau tumbuh-kembang bayi atau KMS (Kartu Menuju Sehat) dari Puskesmas atau Rumah Sakit. Nah, berdasarkan kurva tersebut, parameter untuk mengetahui pertumbuhan bayi tidak hanya dilihat dari pertambahan BB, tapi juga tinggi badan dan ukuran lingkar kepala.. ;-)

    Belum bisa berdiri dan belum tumbuh gigi..? Anda jangan terlalu khawatir karena perkembangan fisik maupun kemampuan setiap bayi berbeda..

    Avocado sudah boleh Anda berikan pada bayi Anda.. ;-)

  39. tipsbayi May 7, 2010 at 2:05 pm #

    Lisa:

    Mohon maaf terlewat agak telat.. :-)

    Untuk sementara Anda bisa memberikan buah yang lain dulu dan Anda bisa coba lagi dengan pemberian pisang dengan jenis lain pada usia 8 bulan.. Mudah-mudahan bayi Anda tidak alergi.. ;-)

  40. alya May 4, 2010 at 10:43 pm #

    bayi saya usaia 9,5 bulan, sudah makan berbagai macam makanan bayi, Puji Tuhan dia mau makan apa saja, tapi kok berat badannya masih dibawah standar ya…6,5kg. Tapi dia sangat aktif dan sering bergoyang2 kalo denger musik dan sudah mengert kalo diajak berkomunikasi. tapi giginya belum tumbuh dan belum bisa berdiri sendiri, apa itu normal??? saya ingin tanya apa boleh dia diberi avocado??? saya masih belum berani memberi avocado karena di resep2 makanan bayi tidak ada yg berbahan avocado, tapi teman saya di bangkok bayinya baru berumur 6 bln sudah sering makan mashed avocado, tolong diberi infonya ya….thanks….

  41. tipsbayi April 26, 2010 at 4:13 am #

    mbak icha:

    Anda bisa melihat macam-macam resep makanan untuk bayi usia 6 bulan yang ada di: http://www.tipsbayi.com/index.php/category/makanan-bayi

  42. Lisa April 23, 2010 at 2:52 pm #

    halo tips, anak saya umur 6 bulan kurang 3 hari, saya pernah beri pisang kepok tapi nafasnya jadi grok grok, setelah itu tidak saya kasih lagi dan grok groknya hilang. apakah ini berarti alergi? sampai kapan saya boleh beri pisang lagi? thanks

  43. mbak icha April 17, 2010 at 3:23 am #

    anakku baru umur 4 bln 20 hr, umur 4 bulan 3 hr sudah diberi bubur saring isi tahu, bayam, wortel. babynya sangat suka, makanan apalagi yg boleh saya berikan. mohon sarannya dari ibu-ibu sekalian

  44. tipsbayi April 13, 2010 at 1:29 am #

    bekti:

    Untuk membahas ini Insya Allah kami akan menyusun dalam sebuah artikel khusus, tunggu saja ya.. ;-)

    Akan tetapi untuk garis besarnya:
    Pada usia 6- 9 bulan, dimulai makanan tambahan pendamping dari yang cair terlebih dahulu (susu formula) ditambah makanan halus seperti bubur susu, buah, dan sayuran. Makanan ini dihaluskan dan dimasak. ASI masih WAJIB diberikan..

    Pada usia 9-12 bulan, konsistensi makanan menjadi makanan semi-padat atau disaring, istilahnya tim saring. Usia ini kombinasi antara bubur susu, buah, tim saring. Makanan ini diberikan dengan tujuan untuk melatih kemampuan pergerakan rahang atas dan bawah dan melatih kemampuan mengunyah (penggunaan gigi apabila sudah ada). Selanjutnya dapat disajikan makanan dengan tekstur padat atau kasar. Makanan semi-padat/kasar disajikan 3-4 kali/hari dengan tambahan snack 1-2x/hari, seperti roti, buah.. ;-)

  45. bekti April 11, 2010 at 12:39 pm #

    saya baca di sebuah buku tentang makanan bayi, katanya bayi usia 6bulan hanya boleh dikasih buah2an yang diblender teksturnya cair, baru setelah 7 bulan dikenalkan nasi dan sayur diblender lalu usia 8 bulan dikenalkan laukpauk +nasi+sayur diblender. sebenarnya aturan yang seuai untuk pencernaan orang indonesia seperti apa?terimakasih

  46. tipsbayi April 6, 2010 at 4:55 am #

    bundanya rifqi:

    Sudah berlangsung berapa lama Rifqi makan seperti itu ya..? Sebaiknya Rifqi masih makan makanan yang teksturnya cair. Bahkan makanan pokoknya masih ASI..
    Untuk pemberian MPASI sebaiknya Anda berikan dengan bertahap, baik tekstur, jenis makanan ataupun porsinya. Sistem pencernaan bayi Anda masih sangat muda sekali jadi perlu hati-hati.. ;-)

    Untuk MPASI-nya.. Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

    1. Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
    2. Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
    3. Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
    4. Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
    5. Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

    Jika setiap kali Anda mencoba menyuapkan makanan kepada si kecil dan lidahnya terus mendorong makanan tersebut keluar, berarti dia belum siap diberi MPASI. Kalau begitu, jangan dipaksa… ;-)

    Apa yang sebaiknya Anda berikan pertama kali?
    Anda bisa mencoba:

    - Sereal yang dicampur dengan ASI atau susu formula

    - Pure pisang

    - Pure kentang

    - Pure apel

    - Pure wortel

  47. bundanya rifqi April 5, 2010 at 6:39 am #

    rifqi usianya 4 bln, tiap hari dy mkn nasi + pisang d blender, BABnya bagus, sebenernya boleh ga rifqi mkn itu??? makanan yg bagus buat rifqi apa???
    Thx

  48. tipsbayi March 31, 2010 at 1:50 am #

    bekti:

    Untuk bayi Anda yang baru pertama kali dikenalkan MPASI sebaiknya dikenalkan satu jenis makanan untuk beberapa hari, agar gampang untuk melihat perkembangan dan pengaruhnya dari makanan barunya. Setelah beberapa hari terlihat BAB bagus dan tidak ada efek yang negatif maka bisa dilanjutkan dengan fariasi makanan yang lainnya.. Lakukan cara ini untuk setiap Anda memperkenalkan makanan baru kepada bayi Anda..

    Berikut ini salah satu jadwal pemberian MPASI untuk bayi yang bisa Anda ikuti:
    (jadwal ini adalah untuk bayi berusia 6-9 bulan dan diterapkan secara bertahap)

    Pukul 06.00 (bangun tidur)
    ASI/PASI

    Pukul 08.00 (makan pagi)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 10.00
    Buah segar/ biskuit (tidak mengandung susu sapi)

    Pkl. 12.00 (makan siang)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 14.00 (sebelum tidur siang)
    ASI/PASI

    Pkl. 16.00
    Buah segar/ biskuit (tidak mengandung susu sapi)

    Pkl. 18.00 (makan malam)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 21.00
    ASI/PASI

    Selamat mencoba..

    Untuk takaran makan berikan sesuai kesiapan dan berikan dengan bertahap.. ASI bisa sesuai permintaan bayi Anda..

    Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan 5 porsi kecil (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

    Sedangkan untuk menunya Anda bisa memfariasikannya dan bisa Anda pilih menu-menu yang ada di “Kategori Makanan Bayi” (disamping kanan atas) cari untuk bayi 6 bulan.. ;-)

  49. tipsbayi March 31, 2010 at 1:18 am #

    Anonymous:

    Kami sarankan Anda berikan ASI eksklusif pada bayi Anda.. Bagaimana caranya? Agar bayi Anda masih bisa mendapatkan ASI eksklusif, Anda bisa mengatasinya dengan memerah ASI Anda ketika Anda sedang dirumah, simpan ASI perahan pada botol di lemari es, berikan ASI tersebut pada bayi Anda oleh anggota keluarga yang lain ketika Anda tidak sedang dirumah. Jangan lupa hangatkan terlebih dahulu ASI tersebut, dengan cara merendamnya di wadah yang berisi air panas..

    Dengan memberikan ASI eksklusif maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil.. ;-)

    Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

    ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

    Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun atau 2,5 tahun..

    Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya. Padahal dengan memberikan ASI, kesehatan dan kecerdasan sang bayi pun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

    Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

    Jadi pilih ASI atau sufor…? :-)

    Untuk MPASI-nya.. Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

    1. Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
    2. Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
    3. Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
    4. Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
    5. Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

    Jika setiap kali Anda mencoba menyuapkan makanan kepada si kecil dan lidahnya terus mendorong makanan tersebut keluar, berarti dia belum siap diberi MPASI. Kalau begitu, jangan dipaksa… ;-)

    Apa yang sebaiknya Anda berikan pertama kali?
    Anda bisa mencoba:

    - Sereal yang dicampur dengan ASI atau susu formula

    - Pure pisang

    - Pure kentang

    - Pure apel

    - Pure wortel

  50. bekti March 29, 2010 at 3:47 pm #

    halo tips,
    anak saya 6 bulan, mulai saya perkenalkan dengan MPASI. diawali dengan buah pisang ambon yang dilumatkan sedikit demi sedikit.. Bagaimana cara memperkenalkan jenis buah/sayur yang lainnya, apakah memperkenalkan satu jenis buah mulai dari cair sampai lembek sampai bayi dapat adaptasi dengan makanan itu (ditandai dengan BABnya lancar) atau boleh diselingi dengan buah/sayur lain? tolong donk buatkan saya contoh menu MPASI bayi 6 bulan dalam 1 minggu. terimakasih…

  51. Anonymous March 29, 2010 at 9:37 am #

    anak saya tanggal 03 April nanti berumur 4 bln tapi saya bingung mau dikasih MPASI apa anak saya gak mau mnm susu di dalam botol sedangkan saya bekerja. tolong donk kasih saya solusi terbaik untuk anak saya…….

  52. tipsbayi March 28, 2010 at 3:05 am #

    fatimah:

    Apakah Anda berikan ASI eksklusif? Dengan hanya memberikan ASI pada hadi maka imunitasnya akan lebih baik. Bahkan apabila Anda membuat pure buah atau bubur susu, Anda juga bisa menggunakan ASI sebagai campurannya.. Anda bisa pertahankan pemberian ASI sampai bayi Anda berusia 2 atau 2,5 tahun.. ;-)

    Anda bisa mencoba variasi makanan yang lain. Berikan campuran ASI-nya lebih banyak agar rasa makanan barunya tidak terlalu jauh berbeda dengan rasa ASI..

    Apabila memang hanya sakit batuk atau flu saja, Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-5 hari, dengan memberikan ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok..

  53. fatimah March 26, 2010 at 4:19 am #

    anak saya hadi tgl 8 april ini 6 bln dan dia sering sakit.makanan apa yg saya harus beikan? saya sudah coba berikan resep pisang ambonnam tidak disukainya

  54. tipsbayi March 6, 2010 at 2:49 am #

    bunda dyadita:

    Cara membuat pure kentang/ wortel/ apel/ pisang, dll:

    1. Rebus atau kukus kentang atau wortel hingga empuk (apel dan pisang sebaiknya dikukus)
    2. Setelah empuk, angkat dan hancurkan menggunakan sendok
    3. Campurkan ASI atau susu formula
    Jadi deeeeeeeh… ;-)

  55. bunda dyadita March 4, 2010 at 5:46 am #

    dear tips bayi,
    beberapa hari lagi twin baby q 6 bln, gimana ya cara membuat pure kentang, pure wortel atau beberapa pure-pure lainnya yg sudah anda sebutkan diatas. Apakah diblender, dikukus atau direbus supaya tidak kehilangan kandungan gizinya. Mohon tipsnya ya, tq

  56. tipsbayi February 23, 2010 at 2:47 am #

    maommy ethan:

    Sebenarnya sampai usia 6 bulan, nutrisi bayi Anda sudah cukup dengan hanya diberikan ASI saja.. Karena Anda tidak memberikan ASI berarti sufor sudah cukup meskipun kandungan ASI dengan sufor jauh berbeda.. ;-)

    Sepertinya Anda tangguhkan dahulu pemberian makanan selain susu pada bayi Anda..

    Memang sebagian bayi pada usia 5-6 bulan bahkan 4 bulan ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

    1. Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
    2. Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
    3. Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
    4. Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
    5. Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

    Jika setiap kali Anda mencoba menyuapkan makanan kepada si kecil dan lidahnya terus mendorong makanan tersebut keluar, berarti dia belum siap diberi MPASI. Kalau begitu, jangan dipaksa… ;-)

    BAB bayi Anda sekarang terlihat bagus, tentunya BAB bayi Anda setelah mendapat MPASI akan berubah, baik bentuk atau polanya..

    Jika bayi Anda sudah siap diberi MPASI, apa yang sebaiknya Anda berikan pertama kali?

    Anda bisa mencoba:

    - Sereal yang dicampur dengan ASI atau susu formula

    - Pure pisang

    - Pure kentang

    - Pure apel

    - Pure wortel

    Perhatikan reaksinya setelah pemberian MPASI. Jika tidak ada gangguan pencernaan atau tanda-tanda alergi, maka menunya bisa Anda teruskan…

  57. maommy ethan February 18, 2010 at 6:01 am #

    hallo tips,

    anak saya umur 3 bulan 13 hari dan sekarang pakai susu formula, karena asi nya tidak keluar , rencana nya mau di kasih makanan buah apakah sudah boleh …? karena dia BAB nya 2 hari sekali, apakah dengan susu formula saja asupan gizinya sudah cukup …? perlukah makanan pendamping selain susu ?
    mohon tips nya ya…
    terima kaish

  58. tipsbayi February 10, 2010 at 8:10 am #

    bunda tiara:

    Berikan bayi Anda nutrisi dengan gizi seimbang. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP. Kalau yang Anda berikan adalah makanan instan, maka Anda tidak akan tahu persis kandungan sebenarnya..

    Maka saran kami, berikan bayi Anda makanan racikan sendiri, karena apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

    Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

    1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
    2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
    3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
    4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
    5. Mudah
    6. Hemat

    Untuk menyajikan buah-buahan pada usia 6 bulan bisa dengan cara dijus, dikerok, atau dilumatkan. Anda bisa menvariasikannya. Bayi Anda juga sudah boleh diberi buah yang dipotong kecil-kecil untuk melatih gigi-giginya. Karena umumnya di usia ini bayi mulai belajar mengunyah.. ;-)

  59. bunda tiara February 9, 2010 at 8:37 am #

    hallo tips, bayi saya umurnya 6 bln, saya kasih mkn bubur bayi instan 2x pagi ma sore, siangnya dikasih pisang sunpride paling abis stengahnya aja tp asi tetep jalan terus
    trus yang ingin saya tanyakan :
    1. cukup g ya nutrisi untuk bayi saya dengan pemberian mkn seperti itu?
    2. kl bayi mkn bubur instan terus bisa bpengaruh g sama ksehatan tw perkembangannya?
    3. kl buah-buahan lain seperti jeruk, aprl, melon itu yg paling bagus di jus atau gmn?
    mohon tipsnya ya …

  60. tipsbayi January 12, 2010 at 12:02 am #

    mitha:

    Apabila BAB hanya 3 kali sehari dan tidak ada keluhan lainnya itu wajar.. kami yakin bayi Anda sehat-sehat saja tidak elergi buah, nafsu makannya bagus.. Anda bisa pertahankan dengan cara variasikan jenis makanannya agar bayi Anda tidak cepat bosan, pertahankan pemberian buah minimal 1x dalam sehari, berikan juga buah-buahan jenis lainnya seperti jeruk baby/ jeruk medan manis, pisang manis, melon atau buah-buahan lain yang rasanya manis dan teksturnya lembut.. ;-)

  61. lety January 10, 2010 at 12:08 pm #

    dear tips,anak saya umur 4bln,sejak umur 2bln dia itu BAB ny bs 3-4 hari sekali
    tapi kaliny dia BAB itu banyak banget,y klo d samakan y sama lah klo dia BAB tiap hari slm 3hari itu
    normalkah?????

  62. wienca January 8, 2010 at 7:59 am #

    Dear tips bayi,
    saya pernah dengar klo pisang itu bisa menyebabkan lendir di dalam rongga dada, mungkin karena saya pernah kena sinus dan dilarang makan buah2an yg lembik seperti pisang.
    dan asumsi saya, pisang bisa menyebabkan bayi sinus juga..
    jadi sampai saat ini (usia 8 bl) saya tidak pernah kasih pisang ke anak saya.

  63. mitha January 7, 2010 at 1:10 pm #

    dear tips, anak saya umur 6 bulan 2 minggu . wktu umur 5 bulan 1 minggu sdah dikasih mp asi bubur tepung beras (2 kali sehari) sampe umur 6 bulan tapi blum dikasih buah (bab nya 1 kali sehari), umur 6 bulan dikasih bubur kentang dan sayur (3 kali sehari), buah nya smpe skrang buah pepaya saja (1kali sehari).
    yang saya tanyakan pda wktu umur 6 bulan dikasih buah dan bubur kentang dan sayur bab nya sering (smpe 3 kali sehari setiap hari) …. apakah ada alergi buah pada anak saya atau anak saya kebanyakan makan ????

  64. tipsbayi November 28, 2009 at 4:35 am #

    Bunda Kamilah:

    Posisi pentingnya ASI tidak bisa diganti oleh air apapun, jadi jangan deh ya.. ;-)

    Pemberian air putih ini merupakan insting langsung para orang tua untuk menghindari dehidrasi, tetapi terlalu banyak air dapat menganggu keseimbangan cairan dalam tubuh bayi. ASI merupakan cairan yang terbaik untuk tetap menjaga bayi yang belum banyak memakan makanan padat dari ancaman dehidrasi, bahkan untuk bayi dibawah 6 bulan jangan dberi minum air putih, meskipun anak Anda 7 bulan ada baiknya anak Anda jangan diberi terlalu banyak air putih dulu, cukup diberikan untuk mendorong makanan saja, perbanyaklah ASI..

  65. Bunda Kamilah November 26, 2009 at 1:03 pm #

    Dear Tips, Anakku 4.2bl susunya susah. Kalo aku ganti dengan memperbanyak juice buah bisa nda? atau pengganti susu apa ya? karena dia suka banget tuh minum air putih.

  66. tipsbayi November 21, 2009 at 3:10 am #

    ibu esti:

    Dari segi citarasa, tanpa gula pun kebutuhan bayi Anda terhadap rasa
    manis sudah terpenuhi dari buah. Kalau dia sudah pinter mengunyah, rasa manis
    itu juga bisa diperoleh dari nasi. Ketika dikunyah, karbohidrat dalam nasi akan
    dipecah oleh enzim ptialin dalam mulut menjadi gula. Silakan Anda
    buktikan, ambil nasi, kunyah.. :-)

    Karena indera perasa bayi yang masih sangat sensitif, bayi Anda dapat merasakan rasa gurih dari kombinasi antara zat natrium atau kalium dengan klor yang terdapat
    dalam makanan/cairan. (Garam dapur kan hasil reaksi antara natrium + klor.)
    Makanan bayi terasa hambar di mulut kita, karena indera perasa kita sudah
    “kapalan”.

    Dari segi nutrisi, molekul gula bisa diperoleh tubuh dari hasil pemecahan/metabolisme karbohidrat komplek (nasi, singkong, kentang dll)
    dan ASI. Tidak harus dipasok berupa gula. Begitu pula dengan garam, kandungan zat utamanya -yakni natrium- dapat diperoleh dari makanan.

    Dengan mengandalkan makanan sehat alami, tanpa tambahan gula dan garam
    dapur, tubuh bayi Anda sudah mendapatkan asupan gula dan natrium yang cukup..;-)

  67. ibu esti November 21, 2009 at 1:56 am #

    pagi tips, sy ingin nanya kalau bayi usia 6 bln keatas boleh ga sich dikasih gula jawa(aren) dlm makanannya..trims

  68. tipsbayi November 2, 2009 at 3:20 am #

    mama Titan :

    Memang terkadang terjadi seperti itu.., akan tetapi apabila tidak sembelit Anda jangan terlalu khawatir.. Kalau memang demikian Anda bisa berikan jenis buah-buahan yang lainnya, perlu Anda ketahui juga bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan hanya 2 porsi kecil buah, 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah..

    Apabila Anda kebanyakan memberikan buah nantinya nafsu makan dan minum susunya akan berkurang juga.. :-)

  69. mama Titan October 31, 2009 at 3:02 pm #

    Aku udah kasih pisang untuk Titan, tapi setiap habis makan pisang BAB nya jadi keras (tidak seperti biasanya), padahal bersamaan dengan itu aku juga kasih jeruk baby. oya yang aku kasih itu pisang sunpride.

  70. tipsbayi October 30, 2009 at 3:54 am #

    bunda nabil :

    Pisang apa saja yang rasanya manis tidak kesat, apabila diberi pisang yang kesat malah nantinya agak kesulitan BAB.., pisang cavendish atau pisang kepok bagus untuk bayi Anda, cari yang bayi Anda senangi dan berikan sesuai kesiapan bayi Anda ;-)

  71. bunda nabil October 29, 2009 at 5:32 am #

    Untuk jenis pisang, sebenarnya pisang apa saja yang boleh buat bayi, kemarin nabil saya kasih pisang cavendish aja gak mau, saya tambah susu juga gak mau. tapi pisang kepok dia mau, kalau pisang kepok dikukus variasinya apa aja ya, makasih banget tips…………

Leave a Reply