Resep Makanan Bayi: Air Tomat

Bahan :

1 buah tomat (60 gram)

Cara membuat:

  1. Cuci bersih tomat
  2. Masukkan ke dalam panci yang berisi air panas, tutup
  3. Tunggu hingga 3 – 5 menit, lalu angkat tomat dari air panas
  4. Kupas kulit arinya, lalu saring
  5. Air tomat yang didapat sekitar 6 sendok makan (50 cc)

Cara pemberian:

Untuk pemberian pertama kali, sebaiknya air tomat diencerkan dengan air putih masak dengan perbandingan 1 : 1, lalu berikan sebanyak 1 sendok teh. Pemberian ini dari hari ke hari ditambah sampai dapat menghabiskan 1 buah tomat, sehingga selanjutnya tidak perlu diencerkan lagi. Bila rasanya asam, dapat ditambah gula dalam bentuk sirup secukupnya.

Artikel yang berhubungan:

  1. Resep Makanan Bayi: Pisang Ambon
  2. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Daging
  3. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Ati Sapi
  4. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Ikan Teri
  5. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Kentang
  6. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Telur
  7. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Ayam dan Keju

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

67 Responses to Resep Makanan Bayi: Air Tomat

  1. mulyadi June 19, 2014 at 11:03 pm #

    Bu.. tomatnya boleh di tambah gula ? tks

    • tips-bayi June 24, 2014 at 5:27 am #

      mulyadi,

      Sebaiknya jangan dulu Bun.. Selain fungsi ginjalnya belum sempurna, juga jika bayi sudah diberi gula dan garam dalam makanannya, maka bayi akan terbiasa mendapatkan rasa yang lebih enak dibandingkan dengan makanan murni lainnya. Efeknya, bayi tidak mau makan kalau makanan tersebut tidak manis atau gurih.

      Contoh, jika anak sudah biasa diberikan makanan manis, nantinya anak hanya mau makan makanan yang manis. Sehingga akan susah menyuruhnya mengonsumsi sayur karena sayuran cenderung memiliki rasa hambar.. ;)

  2. andriana March 2, 2014 at 2:58 am #

    anak saya sdh berusia 7 bln tetapi msih blm bisa makan , jika di beri makan dia pasti muntah,demam dan BAB terus . ap solusi nya ?

    • tips-bayi March 25, 2014 at 7:28 am #

      andriana,

      Apakah bisa dipastikan demamnya dan BAB terus karena makanan pertamanya..? Bunda memberikan makanan apa ya..? Bisa saja karena alergi dengan makanan barunya..

      Sebaiknya MPASI pertama bunda berikan bubur susu tepung beras atau pure buah/ sayuran.

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Bunda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Bunda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Cara membuat pure wortel/ kentang/ apel/ pisang, dll:

      1. Rebus atau kukus kentang atau wortel hingga empuk (apel dan pisang sebaiknya dikukus)
      2. Setelah empuk, angkat dan hancurkan menggunakan sendok atau garpu
      3. Campurkan ASI atau susu formula

      Jika Bunda sudah mengganti bahan dasar makanannya tapi masih saja muntah dan demam.. Segeralah periksakan pada DSA..

  3. yunita February 10, 2014 at 7:22 am #

    siang tips,, anakku usia 10bln,makannya pagi dan sore biasa aku kasi beras merah campur beras putih,bayam,brokoli,tomat,wortel sm ikan/hati ayam. susunya sufor NAN HA klo siang di kasi buah (pepaya/alpokat), tapi babnya suka kering/keras ditambah ngedan, kasiaan..ada yang salah dgn menunya gak tips?solusinya gimana…?.

    • tips-bayi February 19, 2014 at 7:59 am #

      yunita

      minum sufor.. ? Tidak cocok susu, penyajian terlalu kental atau bahan MPASI bisa juga sebagai penyebab BAB keras.. Maka variasikan bahan makanannya, bisa Bunda coba dengan bahan dasar lainnya. Perbanyak menu makanan yang mengandung serat. Pilihlah menu dengan buah dan sayuran. Untuk konsumsi sayuran dan buah, bayi dianjurkan 5 porsi kecil setiap hari (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

      Usaha lain yang bisa Bunda lakukan apabila bayi Bunda susah BAB..

      * Bantulah bayi Bunda dengan melakukan olahraga kecil, dengan cara menekuk lutut bayi kearah perutnya secara lembut beberapa kali, yang akan membantu untuk mengeluarkan feses
      * Mandikan dengan air hangat.
      * Oleskan baby oil di daerah sekitar anus bayi.

  4. Bunda Livv October 24, 2013 at 7:08 am #

    Assalamualaikum Wrwb….
    Anak saya, Livv berusia 8m 12d… Tapi belum tumbuh gigi dan merangkak.
    Anak dibawah usianya sdh mulai tumbuh gigi dan merangkak.
    Padahal Livv saya beri ASI Esklusif sampe 6m, dan setelah itu saya beri MPASI buatan sendiri dan belum pernah mencoba makanan kemasan…
    Semua jenis sayuran yang berkalsium tinggi sdh saya beri. Tapi kok smpe sekarang belum tumbuh gigi dan merangkak yah?
    Normal ga yah anak saya?

    • tips-bayi October 28, 2013 at 9:37 am #

      Bunda Livv,

      Wa’alaikum salam Wr. Wb.,

      Untuk pertumbuhan gigi, pertumbuhan gigi pada setiap bayi sangat bervariasi.. tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan gigi yang sama, meskipun kakak beradik sekalipun. Faktor keturunan sangat berpengaruh.. ;-)

      Begitupun perkembangan kemampuan bayi lainnya, misalnya tengkurep, duduk atau berjalan sifatnya individual berbeda bayi satu dengan yang lainnya, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.. Ada yang cepat di awal-awal atau juga ada yang cepat di kemudian harinya.. Jadi jangan terlalu khawatir Bun.. ;)

      Merangkak merupakan transisi antara duduk dan berdiri ini, tidak harus ada pada setiap bayi. Ia bukan milestone atau tonggak penting perkembangan, seperti halnya duduk ataupun berdiri yang memang harus ada.

      Pendek kata, merangkak tak dipakai sebagai suatu patokan penting untuk pertumbuhan. “Bukan sebagai kunci penting. Ada anak yang tanpa merangkak dan langsung berdiri juga boleh-boleh saja.”

      Bagus Bun.. pertahankan pemberian ASI nya dan MPASI buatan sendiri..

  5. vedra October 3, 2012 at 1:23 am #

    Dear tips.mau tanya donk.anakku daffa usianya dah 6m14d dan sudah tumbuh gigi 2 buah. Dari usia 6 bln anakku sdh aku kasi mpasi buatan sendiri.yaitu tepung beras merah yang saya tim ditambah bayam.brokoli.kaldu ayam/sapi.atau bahkan kadang2 ati ayam atau telur ayam kampung dan sekitar jam 10 atau jam 11 siang saya beri pepaya atau alpukat. Yang ingin saya tanyakan kenapa babnya masih aga keras dan.kalau bab anak saya agak mengedan tpi tidak rewel,apakah itu masih wajar.dari awal makan,saya blm pernah mberikan tepung neras merah + asi.karena asi saya tidak terlalu banyak tp cukup diberikan angsung untuk anak saya.apakah itu tidak bermasalah untuk anak saya?karena selama ini anak saya makannya tidak susah dan alhamdulillah tidak ada alergi. Oh ya tips anak saya baru 1 hari ini
    saya kasih finger food berupa biskuit milna.setelah say coba rasanya ko ada manisnya.padahal berdasarkan informasi yg saya terima dari tips anak yg dibawah satu 1 thn tidak boleh diberikan makanan yg mengandung garam dan gula.pertanyaannya apakah boleh diteruskan pemberian biskuitnya? Terima kasih seelumnya.

    • tips-bayi October 4, 2012 at 5:22 am #

      vedra,

      Perkembangan Daffa terlihat bagus.. Saran kami, untuk penyajian MPASI sebaiknya dalam satu kali penyajian jangan terlalu banyak jenis, agar bisa terlihat pengaruh dari makanan tersebut cocok atau tidaknya.

      Untuk ASI yang terasa oleh Anda kurang, kami sarankan untuk lebih sering lagi disusukan atau dipompa. Karena produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Yang tidak kalah pentingnya : Anda harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun..

      Biskuit instan ya memang ada rasanya, dan cenderung rasanya tajam. Selagi belum terbiasa atau ketagihan, memang sebaiknya Anda hentikan. Sebaiknya Anda berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan.. Contohnya fingers food buah atau sayuran rebus. :-)

      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

  6. mama boy August 12, 2012 at 8:06 am #

    Mbak,umur anak sy 11bln,
    Klw sy masak nasinya,sy suka masuk kn tomat
    Kedalam nasinya,tapi ?????G???ãK???? sy buang biji nya.
    nasinya udah tidak disaring
    ?ª?? .sy ??? nanya,apakah tidak masalah biji tomat
    Ikut dimakan bayi juga???

    • tips-bayi August 25, 2012 at 2:28 am #

      @ mama boy,

      Hmm.. memang biji tomat bahkan kulit tomat tidak akan hancur dalam pencernaan bayi dan akan terbuang. Meskipun demikian biasakan biji tomatnya jangan Anda sertakan.. ;-)

  7. linda June 8, 2012 at 6:21 am #

    kalo tomatnya tidak direndam diair panas boleh tidak cuma dicuci air bersih?
    pengaruhnya apa ya?

    • tips-bayi June 13, 2012 at 11:56 pm #

      @ linda,

      Bisa saja .. tapikan tomatnya biar matang, makanya direndam di air panas dulu.. ;-)

  8. Bundanya Davyn March 16, 2012 at 3:21 am #

    Aq suka gabung disi…manfaatnya banyak bget….jd byak ilmu n informasi…mkasih y bu tips…

    • tips-bayi March 21, 2012 at 2:44 am #

      @ Bundanya Davyn,

      Kami juga senang Anda gabung di sini..
      Sama-sama.. ;-)

  9. khansa October 15, 2011 at 2:31 am #

    anakku 8bln,slalu susah bab pdhl mkn sayur&buah rutin.makanan instant jg saya ganti dg buatan sndiri tp ttp susah bab.skr kl mau bab hsr pake pencahar.saya takut nantinya jd ktergantungan.mohon bantuan.

    • tipsbayi November 16, 2011 at 1:48 am #

      @ khansa,

      Jangan memberikan obat sembelit tanpa petunjuk dokter, Ingat.. ! Sebaiknya Anda jangan asal memberikan obat pencahar. Sebab, pencahar sebenarnya bukanlah obat sembelit, hanya untuk mengatasi sesaat saja. Penyebab bayi sembelit lah yang harus segera dilacak, agar tuntas menanggulanginya.. ;-)

      Makan dan minumnya masih kuat, tidak rewel.. kan..? Berarti Anda jangan terlalu khawatir.. Insya Allah bayi Anda baik-baik saja..

      Usaha lain yang bisa Anda lakukan apabila bayi Anda sembelit..
      * Berikan bayi Anda lebih banyak ASI atau Anda juga dapat memiberikan jus pepaya
      Anda juga bisa kunjungi : http://www.tipsbayi.com/resep-makanan-bayi-pepaya-saring.html
      * Bantulah bayi Anda dengan melakukan olahraga kecil, dengan cara menekuk lutut bayi kearah perutnya secara lembut beberapa kali, yang akan membantu untuk mengeluarkan feses
      * Mandikan dengan air hangat.
      * Oleskan baby oil di daerah sekitar anus bayi.

      Buatlah pola makan yang baik.. Perbanyak menu makanan yang mengandung serat. Pilihlah menu dengan buah dan sayuran. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi Anda dianjurkan 5 porsi kecil setiap hari (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

      Tidak cocok bahan dasar MPASI bisa menyebabkan BAB keras juga.. Anda bisa mencoba mengganti bahan dasar MAPSI-nya..

  10. sundari July 21, 2011 at 8:30 am #

    tips
    sejak 7 bulan (skrg 8 bln) fathan tiap hari saya beri tomat 1 buah utk 3x makan (pagi siang malam) & tahu sutera pd bubur saringnya, pertanyaan saya : Apa bagus tiap hari diberi tomat+tahu ?, thanks

  11. hesty March 18, 2011 at 1:54 pm #

    Salam kenal…anak sy 8 bln,sewaktu 6 bln diberi makanan cereal,goodmil,promina,tapisusah bab lalu saya ganti dengan makanan buatan sendiri wortel dan bayam saya beri garam apa boleh dan anak saya susah bab padahal susah sy beri juice buah2an kenapa ya…tolong bantu

  12. Dina February 17, 2011 at 3:32 am #

    tips, kalo untuk bayi 4 bulan, sudah bolehkah diberi mpasi? lebih baik mpasi ato sufor? saya masih mengusahakan anak saya ASI walaupun harus kejar tayang tiap hari.

    • tipsbayi February 24, 2011 at 3:32 am #

      @ Dina,

      Wah kejar tayang ya..? Kayak sinetron.. ;-) Bagus.. bagus sekali Anda masih memberikan ASI pada bayi Anda, karena tidak ada sufor yang bisa menandingi kandungan ASI, sufor termahal sekalipun..

      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Ingat.. jika Anda akan memberikan MPASI, berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan.. ;-)

      Anda bisa baca link terkait:

      http://www.tipsbayi.com/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan.html

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

  13. bunda jagad October 31, 2010 at 6:44 am #

    dear tips,mw nany nih..bnrny bayam sm wortel br boleh dibrikn pd by umr brp y?soalny ak prnh bc di intrnet ktny byam jg wortel br boleh dbrikn pd by 8bln.ak jd bingung.trs jagad dksh syr apa dunk?usia 7bln skr.jagad jg dh ak ksh pure apel,pisang.alpukat.kl pepaya gmn?thx

  14. bunda cheilla October 11, 2010 at 3:12 pm #

    Ank sya Umur 4 bln,bleh ato ndak dksih jus buah-buahan?thanks

    • tipsbayi October 15, 2010 at 4:02 am #

      @ bunda cheilla,

      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Jika setiap kali Anda mencoba menyuapkan makanan kepada si kecil dan lidahnya
      terus mendorong makanan tersebut keluar, berarti dia belum siap diberi MPASI. Kalau begitu, jangan dipaksa… ;-)

      Memang saat ini bayi TIDAK dianjurkan untuk menerima MPASI sebelum ia berusia 6 bulan, karena sistem pencernaannya belum kuat…

      Tahapan pengenalan MPASI:

      1. Mulai usia 6 bulan

      * Tekstur makanan : semi cair.
      * Mulailah dengan makanan lunak seperti biscuit yang diencerkan pakai air atau susu. Kenalkan pula bubur susu dalam jumlah sedikit demi sedikit. Bubur susu sebaiknya dibuat sendiri dari tepung beras yang dicampur dengan ASI atau susu formula. Untuk pengenalan rasa, selingi dengan tepung beras merah, kacang hijau, atau labu kuning.
      * Mulai pemberian sayuran yang dijus, kemudian buah yang dhaluskan atau di jus. Sayur dan buah yang disarankan yaitu: zicchini, pisang, pir, alpukat, jeruk.
      * Pemberian ASI atau susu formula di selang seling waktu makan utama.

      2. Mulai usia 7 bulan

      * Perkenalkan dengan tekstur yang lebih kasar (semi padat) yaitu bubur tim saring. Coba terus seandainya bayi menolak atau muntah karena tahapan ini harus dilaluinya.Jika tidak nanti bayi akan malas mengunyah.
      * Perhatikan asupan zat besi seperti hati sapi karena di usia ini cadangan zat besi bayi mulai berkurang.
      * Setelah secara bertahap pemberian tim saring, bayi bisa dikenalkan dengan nasi tim tanpa disaring.
      * Jenis sayur dan buah yang disarankan: asparagus, wortel, bayam, sawi, bit, lobak, kol, mangga, blewah, timun suri, peach.
      * Bisa juga ditambahkan ayam, sapi, hati ayam/sapi, tahu, tempe.

      3. Mulai usia 9 bulan

      * Mulai dikenalkan dengan bubur beras atau nasi lembek, lauk pauk dengan sayuran seperti sup.

      4. Pada usia lebih dari 1 tahun, anak sudah bisa mengkonsumsi makanan keluarga.

      Baca juga: http://www.tipsbayi.com/index.php/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan

  15. mama adiv September 24, 2010 at 12:45 am #

    pagi tips….
    mo tny lg ni, anak sy adiv berusia 15 bln, biasanya kalo sy buatin juice pepaya biasanya ga mau tnp gula batu, seandainya sy buatin juice tomat di isi gula batu boleh ga?
    msd sy ada efek samping ga sm pencernaan
    thx bwt bantuanya

    • tipsbayi October 15, 2010 at 3:55 am #

      @ mama adiv,

      Usia Adiv sudah 15 bulan ya..? Sudah boleh kok pakai gula batu.. Asal rasanya jangan terlalu manis..
      Sistem pencernaan bayi usia 15 bulan sudah lebih baik, ginjalnya sudah lebih siap terhadap makanan manis dan asin.. ;-)

  16. tipsbayi September 21, 2010 at 4:21 am #

    @ adies,

    Lebih baik jangan dicampurkan dengan ASI, berikan tersendiri..
    Boleh Anda memberikan pada bayi yang berusia 5 bulan tapi yang sudah biasa mendapatkan MPASI.. ;-)

  17. adies September 20, 2010 at 8:18 am #

    Bisa d campur asi tidak sari tomatnya?bisa d berikan oleh bayi berumur 5 bulan?

  18. tipsbayi August 11, 2010 at 7:53 am #

    @ Bunda Wildan,

    Luangkan waktu khusus untuk mempersiapkan diri Anda dan bayi Anda sebelum memulai. Perlu diingat bahwa tiap bayi itu berbeda, jadi janganlah memaksanya. Tetaplah rileks…

    Langkah 1:

    Teliti kesiapan bayi untuk menerima makanan padat. Umumya Dokter Spesialis Anak (DSA) merekomendasikan agar menunggu sampai bayi menunjukkan tanda-tanda kesiapan, antara lain kemampuan menahan dan mengendalikan kepala, selera makan meningkat, dan hilangnya rekleks yang menyebabkan bayi memasukkan benda ke dalam mulutnya. Tanda kesiapan lainnya adalah ikut mengambil makanan ketika melihat orang lain makan, mampu duduk dengan baik, dan menunjukkan gerakan mengunyah. American Academy of Pediatrics menyatakan bahwa bayi tidak membutuhkan makanan lain selain ASI (atau susu formula) sampai usianya 6 bulan. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memulai memperkenalkan MPASI.

    Langkah 2:

    Mulai MPASI pertama dengan bubur tepung beras. Para pakar sependapat bahwa tepung beras merupakan makanan yang paling “ringan” bagi perut bayi yang sensitif. Campur ASI (atau susu formula) dengan tepung beras, sesuaikan dengan kekentalan yang diinginkan. Untuk pertama kali, tidak usah terlalu pusing dengan jumlah makanan yang berhasil dikonsumsi olehnya. Nikmati saja saat-saat tersebut dan abadikan dengan kamera Anda.

    Langkah 3:

    Mulailah membuat jadwal. Lanjutkan pemberian bubur tepung beras pada waktu yang sama selama setidaknya 4 – 5 hari berturut-turut, agar bayi terbiasa dengan rutinitas baru ini. Selain itu perut bayi juga akan terbiasa dengan bubur tepung beras sebelum Anda mulai mencoba jenis makanan lain. Secara perlahan tingkatkan jumlah makanan di mangkoknya. Namun, sekali lagi Anda jangan terlalu khawatir dengan jumlah makanan yang ia makan. Tiap anak memiliki selera yang berbeda-beda.

    Langkah 4:

    Tambahkan jenis makanan lainnya. Setelah Anda yakin bahwa bayi Anda bisa menerima bubur tepung beras dengan baik, mulailah menambahkan makanan lain. Para pakar menganjurkan untuk tetap meneruskan dengan bubur tepung beras sebelum mulai dengan makanan lain. Kemudian coba tambahkan sayuran atau buah ke dalam makanannya. Bisa dicampur dengan bubur tepung beras atau diberikan terpisah. Ketika memulai pemberian makanan baru, berikan terus selama 4 – 5 hari berturut-turut sebelum memberikan jenis lainnya. Apabila bayi Anda ternyata alergi, hal ini akan mempermudah mendeteksi penyebabnya. Dalam pemberian MPASI, tidak ada cara yang benar atau salah. Sejumlah pakar menganjurkan untuk diberikan sayuran dulu baru buah, agar bayi nantinya menyukai sayuran. Pakar lainnya berpendapat bahwa lebih baik mulai dengan pisang, karena rasanya menyerupai ASI. Konsultasikan dengan DSA Anda tentang hal ini.

    Langkah 5:

    Buatlah MPASI bayi Anda sendiri karena lebih hemat dan lebih enak. Daripada membeli bubur kentang instan, lebih baik Anda memanggang kentang sendiri dan melumatkannya dengan food processor. Begitu pula halnya dengan buah atau sayuran lainnya.

    Langkah 6:

    Persiapkan diri Anda terhadap perubahan-perubahan yang mungkin terjadi pada bayi Anda, salah satunya adalah pup bayi akan menjadi lebih padat dan lebih berbau. Apabila ia mengalami sembelit atau kembung, segera hubungi DSA Anda.

  19. BUNDA WILDAN August 11, 2010 at 3:43 am #

    Anak saya skr umur 6 bulan 5 hari dan udah dicoba dikasih MPASI tapi knp yach setiap disuapin suka nangis dan gk mau makan padahal sudah gonta-ganti menu takut bosan tp ttp aja gk mau..saya jadi pusing

  20. tipsbayi July 31, 2010 at 7:40 am #

    @ mamanya key,

    Iya…

  21. mamanya key July 30, 2010 at 7:09 am #

    mav mbak,,,setelah kulit ari tomatnya di buang lalu disaring,,,mksudnya diperas tomat nya bukan?thx

  22. tipsbayi July 10, 2010 at 9:31 am #

    fathur:

    Untuk pisang dan jeruk manis bisa Anda berikan pada bayi yang berusia 6 bulan..

    Untuk bayi 8 bulan sudah bisa Anda berikan jus tomat (tanpa biji) atau bayi yang sudah biasa minum air tomat tersebut dan sudah mempunyai jadwal makan buah bisa juga Anda berikan.. ;-)

    Sebaiknya cari tomat buah yang rasanya manis, kulitnya tebal..

  23. fathur July 6, 2010 at 11:57 am #

    mulaiberapa bulan pisang ambon air jeruk dan air tomat d berikan? <3

  24. tipsbayi June 28, 2010 at 1:31 am #

    nita:

    Boleh Anda berikan susu.. ;-)
    Wah kuat minum dan makannya ya..? Bagus dong..

  25. tipsbayi June 28, 2010 at 1:12 am #

    Mimi almeerd:

    Mohon maaf kami terlambat menjawabnya, mudah-mudahan Anda sudah mendapatkan sufor yang cocok dengan bayi Anda.

    Meskipun kandungannya sangat jauh dengan ASI, akan tetapi karena keadaannya demikian maka Anda bisa mengusahakan mencari sufor yang cocok dengan bayi Anda. Sementara itu juga Anda bisa memberikan MPASI yang penuh gizi dan seimbang pada bayi Anda..

    Tentunya perlu ketelatenan Anda untuk memberikan MPASI pada bayi Anda. Tidak jarang bayi kurang nafsu makannya..

    Untuk menambah nafsu makan bayi Anda, Anda bisa mencoba memberikan air rebusan kacang hijau..

    Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

    * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

    * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

    * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

    * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda.. :-)

    * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

  26. nita June 22, 2010 at 1:06 pm #

    Apa setelah diberikan jus,bole diberikan susu? Atau tunggu waktu berikutnya lagi?karena kan tidak akan kenyang jika hanya diberikan jus

  27. Mimi almeerd May 29, 2010 at 2:27 pm #

    Maaf tips,saya mau menanyakan hal lain diluar topik dan saya sangat butuh bantuannya..baby saya 7bln,dia mendapatkan ASI,tdk pernah sufor krn sama sekali tdk mau.yg saya risaukan seminggu ini ASI saya mengering stlh saya menderita sakit demam berdarah..apa tips supaya anak saya mau minum sufor..krn makannya jg sgt susah,thx

  28. tipsbayi May 28, 2010 at 1:03 pm #

    Mimi almeerd:

    Macam-macam jeruk Baby atau jeruk medan.. :-)
    Anda juga bisa memberikan buah-buahan yang rasanya manis, tekstur seratnya lembut dan tidak berbau menyengat..

  29. Mimi almeerd May 22, 2010 at 5:36 pm #

    Hi,lam kenal tips..saya ibu dr almeerd 7bln.
    jeruk jenis apa yg bisa diberikan utk bayi saya,balas ya tips..thx be4..

  30. tipsbayi May 10, 2010 at 4:01 am #

    Ayu, giovanna:

    Untuk bayi 8 bulan sudah bisa Anda berikan jus tomat (tanpa biji) atau bayi yang sudah biasa minum air tomat tersebut dan sudah mempunyai jadwal makan buah bisa juga Anda berikan.. ;-)

    Sebaiknya cari tomat buah yang rasanya manis, kulitnya tebal..

  31. giovanna May 6, 2010 at 6:15 am #

    APAKAH UNTUK BAYI 8 BULAN BISA DIBERI TOMAT DENGAN DI JUICE?APAKAH LAMBUNGNYA TIDAK AKAN APA2. ATAU TAKUTNYA JADI DIARE KARENA MASAM. JUGA JERUK YANGAAGAK MASAM BOLEH UNTUK DIBERIKAN UTK BAYI 8 BULAN??THANKS

  32. Ayu May 3, 2010 at 8:33 am #

    untuk buah tomat nya setelah dikupas boleh nga di blender halus trus di saring. atau hanya di cari air tomatnya saja?

  33. tipsbayi April 19, 2010 at 4:27 am #

    me,

    Bayi Anda sudah mendapat MPASI-kan? Ya langsung saja berikan pada bayi Anda untuk mengganti jadawal makan buahnya..

    Khusus untuk tomat sebaiknya jangan Anda simpan di kulkas. Tomat di kulkas sudah 4 hari sepertinya masih bagus kok.. ;-)

    Pepaya 1 minggu dalam kulkas apabila warna dan teksturnya tidak berubah, berarti masih bagus.. Boleh Anda berikan.. Bahkan makanan yang sudah diolah juga bisa disimpan di kulkas juga. Anda bisa baca artikel berikut:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri

  34. me April 15, 2010 at 7:31 am #

    Tips,air tomat ini lgsg diminumin ke bayinya?
    Utk bayi,boleh pk sirup apa?
    Ehm,tomatnya hrs fresh ato boleh yg ud ada di kulkas sktr 4 hari?
    Skalian tny dong.Utk pepaya,boleh pk pepaya yg ud dikulkas 1 mgg ga ya? Pepaya nya ud dipotong n dimskin kedlm wadah tertutup.
    Kebnykan ni tny nya.
    Thanks yah tips…

  35. tipsbayi April 13, 2010 at 1:44 am #

    donna:

    Anda jangan terlalu khawatir.. ;-)
    Karena bayi Anda masih berusia 7 bulan, makanan yang wajib bagi bayi Anda adalah ASI. Untuk makanan pendampingnya (MPASI), Anda bisa berikan dengan cara bertahap dari mulai tekstur cair. Jangan terlalu dipaksa karena akan menimbulkan trauma pada bayi Anda..

    Berikan MPASI sesuai kesiapan bayi Anda, meskipun sedikit akan tetapi terjadwal dengan baik. ASI sekali lagi ASI pertahankan.. ;-)

    Untuk pemberian vitamin boleh saja akan tetapi sebaiknya Anda konsultasikan dan periksakan dahulu dengan DSA atau ahli gizi, karena setiap bayi akan berbeda kebutuhan jenis vitamin yang diperlukannya..

  36. tipsbayi April 13, 2010 at 1:11 am #

    mom’fakhri:

    Sama-sama.. ;-)

  37. tipsbayi April 12, 2010 at 4:11 am #

    febry:

    Bisa Anda berikan pada bayi usia 6 bulan ke atas yang telah mendapatkan MPASI dan sudah mendapatkan jadwal makan buah.. ;-)

  38. donna April 11, 2010 at 12:58 pm #

    gimana ya.. biar anak saya mau makan.. umur 7 bulan.. sudah berbagai makanan instan maupun masak sendiri tetap susah.. semua jenis sayuran dan buah atau pun telor, ati, pepaya.. ga ada yang lahap kalao makan.. tolong dunk kak sarannya.. harus saya beri suplemen atau vitamin apa, lagi?

  39. mom'fakhri February 22, 2010 at 4:32 am #

    terimakasih atas resep2 nya..sungguh sangat membantu saya sebagai seorang bunda

  40. febry January 26, 2010 at 5:22 am #

    Apa jus tomat ini dapat diberikan kepada bayi umur 6 bln?

  41. tipsbayi January 26, 2010 at 1:22 am #

    surik:

    Mohon maaf keselip jadi agak telat nih.. :-)

    Jus buah alami racikan sendiri Insya Allah tidak ada efek sampingnya ;-)
    Bahkan 100 gram atau sekitar 1 butir tomat merah segar mengandung sekitar 13 mg vitamin C yang mencukupi 22% kebutuhan harian. Vitamin C sangat bermanfaat sebagai antioksidan penangkal radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh.

    Kalau bisa variasikan juga dengan buah-buahan lain agar bayi Anda tidak cepat bosan..

  42. surik January 19, 2010 at 10:25 am #

    Anak saya gify umur 1,8 thn tiap hari sy buatkan jus tomat campur sufor, apa tidak ada efek sampingnya kalo anak minum jus tomat tiap hari ?soalnya anak sy suka.

  43. tipsbayi December 22, 2009 at 4:24 am #

    titi:

    Anda bisa mencampur jus buah-buahan untuk membuat rasa pada makanan bayi Anda. Anda bisa menuangkan jusnya ketika bubur telah matang atau 5 menit sebelum matang. Insya Allah vitaminnya tidak akan hilang masih bisa untuk memperlancar BABnya kok.. ;-)

  44. titi December 19, 2009 at 1:23 am #

    hai tips bayi..kalau air jeruk atau buah2an langsung dicampur buburnya untuk penambah rasa,bisa? Apa gak merubah vitamin yang ada pada buah2an tsb n masih bisa bermanfaat untuk memperlancar babnya?

  45. tipsbayi December 16, 2009 at 3:47 am #

    lianny:

    Kulit ari tomat yaitu kulit luarnya.. ;-)

  46. lianny November 11, 2009 at 5:32 am #

    terima kasih tips bayi untuk berbagai resepnya…
    mau tlg nanya nih…kulit ari tomat itu kulit luarnya atau yg di dalamnya (berwarna kuning) itu? terima kasih ya…

  47. tipsbayi October 30, 2009 at 3:19 am #

    Anonymous, Marsudi, bunda nabil :

    Manfaatnya banyak sekali.., diantaranya membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar dan masih banyak manfaat lainnya.. :-)

    Berikan tomat yang matang dan segar yang rasanya tidak kecut.. :-)
    Bagusnya tomat buah meskipun tomat sambal ada juga yang besar..

  48. bunda nabil October 29, 2009 at 5:29 am #

    jenis tomatnya. apakah harus tomat buah yang besar? tomat yang kecil untuk sambal boleh gak?

  49. Marsudi October 29, 2009 at 4:38 am #

    Apa manfaat Air Tomat buat Si bayi???

  50. Anonymous October 29, 2009 at 4:38 am #

    apa manfaat air tomat buat si Bay??

  51. tipsbayi October 29, 2009 at 3:35 am #

    muhammad :

    Air panas matang yang sudah mendidih.. :-) Bukan direbus didalam air mendidih..

  52. muhammad October 29, 2009 at 3:17 am #

    air panasnya bukan air yang mendidihkan?

Trackbacks/Pingbacks

  1. Resep Makanan Bayi: Pisang Ambon | Makanan Bayi - October 29, 2009

    [...] bersih pisang Ambon, lalu kupas Kerik halus pisang, masukkan ke dalam cangkir Anda bisa menambahkan air tomat atau air jeruk pada kerikan pisang Cara [...]

Leave a Reply