Resep Makanan Bayi 6-8 Bulan: Bubur Daging

Bahan:

1 cangkir beras, cuci bersih
50 gram daging sapi cincang
1 batang seledri, potong-potong
1 batang wortel, kupas, potong-potong
2 cangkir air

Cara Memasak:

  1. Cuci bersih beras
  2. Potong seledri kecil-kecil
  3. Kupas dan potong kecil wortel
  4. Campur semua bahan lalu masak hingga menjadi bubur
  5. Haluskan

Sudahkah Anda men-download ebook panduan 12 Bulan Pertama? Semua panduan dasar merawat bayi bisa Anda peroleh di dalamnya!

Artikel yang berhubungan:

  1. Resep Makanan Bayi 6-8 Bulan: Bubur Kentang Ati
  2. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Daging
  3. Resep Makanan Bayi 6-8 Bulan: Beras Merah dan Ayam
  4. Resep Makanan Bayi: Pepaya Saring
  5. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Kentang
  6. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Ayam dan Keju
  7. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Ikan Teri

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

150 Responses to Resep Makanan Bayi 6-8 Bulan: Bubur Daging

  1. mami aliqa January 7, 2014 at 2:28 am #

    tips donk..anak saya umur 9bln tapi mls banget makanx kadang2 aja dia mau buka mulutx tp klo dah 5 atau 6 sendok udh g mau lagi malah dia nangis klo dilanjutin..tips donk bun gmn caranya buat anak biar makanx enak atau haruska dibantu dgn vitamin dl..

    • tips-bayi January 22, 2014 at 6:20 am #

      mami aliqa,

      Selain memberikan menu yang variatif .. Untuk mengatasi anak Bunda yang susah makan atau kurang nafsu makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Bunda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Bunda yang paling dekat dengan anak Bunda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Bunda, penting bagi orang tua untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Bunda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Bunda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Bunda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Bunda atau orang yang biasa menyuapi anak Bunda..

      * Pintar-pintarlah Bunda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Bunda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Bunda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Bunda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Bunda akan berterima kasih suatu hari nanti !

      Vitamin dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil. Kebutuhan ini biasanya terpenuhi dari makanan, terutama makanan atau susu yang telah diperkaya oleh berbagai macam vitamin dan mineral. Oleh karena itu, perlu hati-hati menentukan apakah seorang anak kekurangan vitamin sehingga membutuhkan multivitamin.

      Oleh karena itu, konsultasikan dengan DSA Anda apakah Bayi Anda kekurangan vitamin dan butuh multivitamin tambahan.

  2. dewi November 21, 2013 at 1:42 am #

    Selamat pagii Tips,,,

    Bayi saya umurnya 8 bulan belum tumbuh gigi tips,,, tapi kalau dikasih bubur misal: bubur tim ati ayam,, apa g apa2 ya tips,,,
    terimakasih sebelumnya…

    • tips-bayi November 22, 2013 at 3:48 am #

      dewi,

      Pagi..

      Boleh Bunda berikan dengan tekstur bubur kental. Hati ayam boleh Bunda berikan juga.
      Bisa Bunda intip resep makanan bayi, silahkan Bunda coba dan fariasikan jadwalnya.. ;)

  3. bunda zaki August 23, 2013 at 9:23 am #

    Tips,tanya dunk., zaki sekarang uda umur 7,5 bln sejak usia 6 bulan sudah saya beri MPASI bubur instan tapi saya campuri dengan sayuran dan daging yang direbus lalu saya blender seperti wortel,bayam,brokoli,hati ayam ,kaki ayambdaging sapi,sama ikan laut,, apa tidak apap2???

    • tips-bayi August 28, 2013 at 4:45 am #

      bunda zaki,

      Tidak apa-apa Bun.. bagus tuh.. Perlu diperhatikan saja:
      o Fariasikan bahan makanannya, satu menu jangan terlalu banyak bahan karena nanti rasanya rame bahkan jadi aneh.. Cicipi oleh Bunda apa enak atau eneg ya.. ;-)
      o Bun.. Zaki tidak alergi diberi ikan ya..? Jika sudah biasa dan tidak ada keluhan alergi boleh saja Bunda berikan ikan..
      o Atur menu hariannya agar Zaki tidak cepat bosan, jangan lupa selingi dengan jadwal makan buah..

      • maya,mommy aQsa August 29, 2013 at 12:26 am #

        Dear tips bayi,
        ??u nanya aQsa umur 8bln udh boleh kh di kasi roti tawar rasa pandan/roti tawar biasa/roti gandum trz ?? lumat bersama susu?

        • tips-bayi September 5, 2013 at 3:01 am #

          maya,mommy aQsa,

          Boleh Bun.. Boleh juga dilumatin dengan ASI Bun.. ;-)

      • Henica Fitrianti Nica October 14, 2013 at 7:36 am #

        Ass,,mau tanya bunda saya punya anak umur3,5thn tapi bb nya 12kg kira2 berat nya normal gak yah ,,truz anak nya susah sekali makan mau nya minum susu aja wass,,

        • tips-bayi October 21, 2013 at 3:49 am #

          Henica Fitrianti Nica,

          Wa’alaikumussalam..

          BB anak Bunda masih termasuk NORMAL.. karena termasuk 80% BB normal untuk anak Indonesia.. ;)

          Selain memberikan menu yang variatif .. Untuk mengatasi anak Bunda yang susah makan atau kurang nafsu makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

          * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Bunda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Bunda yang paling dekat dengan anak Bunda.

          * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Bunda, penting bagi orang tua untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Bunda.

          * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Bunda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

          * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Bunda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Bunda atau orang yang biasa menyuapi anak Bunda..

          * Pintar-pintarlah Bunda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

          * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

          * Memberi contoh – pada bayi atau balita Bunda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Bunda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

          * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

          * Jika bayi Bunda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Bunda akan berterima kasih suatu hari nanti !

  4. lasma yanti mp July 29, 2013 at 2:50 pm #

    mama christin
    anak saya umurnya udah 7 bulan tp bb nya hanya 5 kg…normal kh???padahal sudah saya kasih MPASI dari umur 4 bulan lho..anakku asi eklusif..sekarang makan bubur saring..

  5. Ulfa June 10, 2013 at 11:53 pm #

    Bunda.. Mw tanyak ni anak saya skrng usia 7 bulan.
    Uda boleh ga dikasih bawang2an,seledri dan daun bawang?
    Mohon dijwb ya.

    • tips-bayi June 13, 2013 at 3:14 am #

      Ulfa,

      Boleh.. Bunda sudah bisa membubuhkan bumbu masak alami pada makanannya.. Contoh bumbu alami adalah bawang bombai, bawang merah, bawang putih, bawang daun, seledri, salam, serai, daun jeruk, kemangi, lengkuas, kunyit, kencur. Hanya saja untuk ini Bunda perlu melihat dan menyesuaikan minat bayi nya.. ;-)

  6. mama alvin January 6, 2013 at 3:39 pm #

    Oh y,Sy mow beli krtu flash card bt ankqu,tp gmn y carany?pa gak ???? dibeli ditokonya aja,dmana toko tdekatnya?sy tinggAl ?ï area cEmpaka putih..

    • tips-bayi January 8, 2013 at 4:41 am #

      mama alvin

      Bunda..untuk membeli Flash Card.. Bunda bisa kunjungi kami di Kartu Bayi.com
      Untuk saat ini kami belum menjualnya di toko.

  7. mama alvin January 4, 2013 at 8:41 am #

    Halo tipsbayi,,alvin ckg ??ª? umur 17 blN,sy udh kasi dia mkn nasi spt nasi org dewasa pa gak pa2 y..?trus pa gak pa2 K?? sy kasi alvin mkn tlor yang didadar tiap ari, soalny alvin doyan bgt ma Tlor ddr..pa gak pa2 jg K?? diberikn makanan yang dgoreng.?oh y trus alvin jg serig bgt Pipis,apakah ?†ü normAl?direply y satu2 y tips segera,tq

    • tips-bayi January 5, 2013 at 4:30 am #

      mama alvin,

      Usia Alvin 17 bulan sudah boleh makan makanan orang dewasa, termasuk telor dadar.. Kalau tiap hari Alvin maunya telor dadar tidak apa-apa kalau memang tidak bosan. Jangan lupa berikan juga bahan makanan lainnya untuk variasi agar lebih lengkap gizinya.

      Disamping telor dadar, pilihkan juga menu dengan buah dan sayuran. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi Bunda dianjurkan 5 porsi kecil setiap hari (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

      Jika tidak dibarengi keluhan lain sering pipis normal saja.. Minumnya banyak ya..? Bagus Bun.. ;-)

  8. mama Brandon November 23, 2012 at 3:38 am #

    hi tips bayi,brandon skrg usia 8bln 1mgu, BB udh 10.3kg (ASI eksklusif)…smpe skrg sussah bgt dikasi mkan.tiap kali mau dikasi mkan sllu nangis,udh kasi mcam2 rsa ttp ga mau(sayur&buah),…Brandon sjak usia 6bln udh dkasi knal MPASI,tp ga rutin krna sllu rewel.akhr2 ini udh sulit bgt,kdag seharian dia ga mau mkan,klo dipaksain psti nangis trs.pengaruh ga utk prkmbangnnya???
    dia udh bisa du2k sndri n brdiri…kta tmnku,ga pa2 dia blm mau mkan,yg pnting dikasi ASI yg bnya (lagian anaku udh kegemukan ktanya)…tp aku ttp khwtr,anaku udh mau jln 9bln tp koq ga rutin mkannya….gmn yah tips bayi???

    • tips-bayi November 26, 2012 at 5:18 am #

      @ mama Brandon,

      . Susah makan..?
      Cobalah membuat suasana hatinya senang… misalnya sambil menyuapinya, Bunda mengajaknya jalan-jalan, melihat sungai, kebun, kereta api, atau apa saja yang berada di lingkungan sekitar rumah Bunda.

      Jangan memaksa si kecil makan sambil memarahi, apalagi sampai mencubit atau memukul ketika ia mogok makan. Ini akan berakibat negatif kepadanya.

      Coba usahakan juga untuk ‘membuatnya lapar’, artinya coba kurangi asupan susu, sekedar untuk membuat nafsu makannya meningkat.

      Buatlah makanan dalam bentuk yang menarik, warna-warni, sehingga ia pun tertarik untuk mencicipinya..

      Oh ya.. masih ASI eksklusif dan baru mau mulai dikasih MPASI..? Untuk makanan pertamanya sebaiknya bubur susu atau pure buatan Anda sendiri.. Usahakan rasanya tidak terlalu jauh dari rasa makanan pokok sebelumnya ASI..

      Untuk masa percobaan memang bisa satu kali, lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Anda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Jadwal dan porsinya bisa Anda tingkatkan bertahap dan disesuaikan dengan kesiapan bayi Anda.. Sehingga nantinya bisa 2 kali sampai 3 kali..

  9. mama vannesha September 11, 2012 at 6:03 am #

    macam2 nasi tim itu apa saja y ?

    • tips-bayi September 19, 2012 at 7:51 am #

      @ mama vannesha,

      Macam-macam nasi tim.. Bisa banyak bagaimana kreatifnya seorang ibu..
      Nasi Tim Ayam, Tim Ati, Tim Telur, Tim Ikan, Tim Bayam, Tim Wortel, Tim Teri, Tim Kaki Ayam dan lainnya.. ;-)

  10. ira September 11, 2012 at 5:34 am #

    haii tps …sya kakak nya ira.
    sya mw tny jdwal mkanan untuk bayi 7.5bln dong dan menu yg baiknya ???
    untk memberikan rasa asin atw manis pdaa makanan ank sya sebaiknya di ksh ap ???
    apa boleh setiap dlam mkanannya sya kasih sufor ???krn ank saya gk mw minum sufor smpai skrg msh ASI ???

    • tips-bayi September 19, 2012 at 7:31 am #

      @ ira,

      Berikut contoh jadwal makan dan minum susu bayi USIA 6- 8 BULAN :

      05.00 – 06.00 ASI – SUSU 150-180 CC (lebih baik ASI)
      08.00 BUBUR SUSU 6-9 SENDOK MAKAN (SDM)
      11.00 JUICE ATAU BUAH 75-125 CC, 6-8 SDM
      13.00 NASI TIM SARING 6-8 SDM
      15.00 ASI- 150-180 CC
      16.00 BUBUR SUSU/ BISKUIT 1-3 KEPING
      18.00 BUBUR SUSU, USIA 7 BULAN DIGANTI NASI TIM SARING 6-8 SDM
      21.00 – 22.00 ASI 150-180 CC
      22.00 – 06.00 UNTUK BAYI YANG DIBERI SUFOR : BILA BERAT BADAN NORMAL DAN JUMLAH MINUM SUSU SIANG HARI BANYAK (120-180) CC TIAP MNUM) SEBAIKNYA MALAM HARI TIDAK MINUM SUSU BILA BERAT BADAN KURANG, MINUM SUSU SIANG SEDIKIT (120 CC TIAP MINUM SUSU), DIANJURKAN MINUM SUSU MALAM HARI 2-3 KALI..

      Untuk rasa asin dan manis cukup Anda campurkan ASI atau sufor pada makanan bayi anda, karena memang rasa favoritnya seperti itu. Boleh Anda campurkan sufor setiap hari pada makanannya. ;-)

      • dila October 27, 2012 at 12:58 pm #

        sufor apa ya mbak??

        • tipsbayi November 1, 2012 at 1:36 am #

          @dila,

          Apa saja Bun yang cocok…

          • mama adzka February 26, 2013 at 12:14 pm #

            sufor itu semacam apa ya mbak…..kl saya buat perasa bayi saya kasih keju…..

          • tips-bayi February 27, 2013 at 4:07 am #

            mama adzka,

            SUFOR itu.. singkatan Bun.. singkatan dari Susu Formula..
            Bagus juga Bunda campurkan keju..

  11. ira September 11, 2012 at 3:18 am #

    ank kakak sya skrang 7.5bln BB 8.6kg apakh itu bagus atw tidak ?

    smpai saat ni ank nya blm tumbuh gigi dan makanan apa yg baik diberikan untk ank kakak sya ?
    dan bila di kasih buah2an sebaiknya di blender apa bagaimana ?
    thx….

    • tips-bayi September 19, 2012 at 7:13 am #

      @ ira,

      BB cukup bagus.. Belum tumbuh gigi..? Sebenarnya Anda jangan khawatir.. Perkembangan fisik dan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. Termasuk pertumbuhan gigi. Pada setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan gigi yang sama, meskipun kakak beradik sekalipun. Faktor keturunan sangat berpengaruh.

      Apabila pada usia 14 bulan belum ada tanda tumbuh gigi barulah Anda konsultasi dengan dokter ahli gigi.

      Tahapan singkatnya: 6-8 bulan bubur susu ( bahan dasar tepung ) dengan kekentalan rubah bertahap,
      9-12 bulan nasi tim, dengan diawali bentuk bubur ( disaring terus tanpa saring), tim, nasi lembek

      Rubahlah sedikit demi sedikit tekstur makanan bayi Anda..

      Buah bisa Anda blender atau dilumatkan.. ;-)

      • amelia July 1, 2013 at 1:28 pm #

        Bagaimana cara mengatasi anak yang tidak mau makan, sekarang berumur 11 bln?

        • tips-bayi July 3, 2013 at 4:38 am #

          amelia

          Susah makan ya..? Bayi Bunda sudah bisa memegang sendiri dan mengunyah bisa mulai diperkenalkan ‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil dan sayuran rebus..

          Selain memberikan menu yang variatif .. Untuk mengatasi bayi Bunda yang susah makan atau kurang nafsu makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

          * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan anak Anda.

          * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Bunda, penting bagi orang tua untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Anda.

          * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

          * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi anak Anda..

          * Pintar-pintarlah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

          * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

          * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

          * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

          * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Anda akan berterima kasih suatu hari nanti !

  12. dinar August 13, 2012 at 3:24 am #

    tips…babyku mau umur 7 bln mggu depan…apakah sdh bisa aku kasih kaldu2 ayam/daging, hati ayam, keju, tahu, tempe? Selama ini aku kasih bubur beras merah+buah/sayur(apel, pear, pisang, alpukat, buncis, brokoli)+sufor. Babyku suka banget makan, BBnya 8,4 kg. Selama ini aku kasih makan 2X sehari (pagi dan siang). Untuk mlm hanya aku kasih ASI + biskuit bayi sebagai finger food (takut kekenyangan kalo aku kasih makan lagi). BAB nya normal 1-2x sehari. Tapi kata ayahnya malam jg harus dibuatkan makan. Bagaimana menurut tips?

    • tips-bayi August 25, 2012 at 2:39 am #

      @ dinar,

      Wah.. sekarang sudah 7 bulan ya.. BB-nya seperti bayi 8 bulan.. ;-)

      Anda sudah boleh memberikan kaldu ayam/daging, hati ayam, keju, tahu, tempe. Berikan dengan terpola..
      Biskuit dan finger food pada malam hari sudah cukup. Tapi jika terlihat bayi Anda masih lapar, Anda bisa memberikan 1 kali jadwal makan lagi. Berikan 1 jam sebelum jadwal tidur.

  13. Rosi July 5, 2012 at 11:59 am #

    Tips bayi mau nanya
    bayi ku Rayya usianya 7 bln 10 hari dengan berat 6,2 kg. Apakah itu dah normal. Krna banyak yg bilang anakku kurus. Rayya aktif kali tidak mau diam dan jg badannya sehat. Mohon jawabannya??

    • tips-bayi July 8, 2012 at 8:30 am #

      @ Rosi,

      BB Rayya segitu memang seperti terlihat kecil.. Tapi BB bayi Anda masih tergolong NORMAL, karena masih 75% BB normal untuk bayi Indonesia. Meskipun terlihat kecil..

      Berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat… Kurus atau gemuk bisa saja turunan lho.. ;-)

      Anda jangan khawatir dengan pertumbuhannya.. Apalagi Rayya kelihatan aktif dan sehat…;-)

  14. Bunda Yun May 29, 2012 at 5:04 am #

    Tips bayi, mau tanya neh anak ku umurnya 8 bln 11hr, tp belum merangkak dan belum tumbuh gigi. apa normal? Trus selain itu karna dr awal dikasih Mpasi bubur instan smpe skrg adrian gak suka mkanan yg dibuat oleh saya, ga suka bubur saring, bubur nasi klo dipaksa muntah. Terpaksa sy kasih instan lg. Jd pusing. Minta bantuannya ya.

    • tips-bayi June 9, 2012 at 6:59 am #

      @ Bunda Yun,

      Anda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan, termasuk pertumbuhan gigi… Dan bahkan terkadang ada juga yang tidak melalui tahapan yang biasa. Misalnya tidak merangkak tapi langsung berdiri dan berjalan. Ada juga yang ngesot tidak merangkak.. Jadi setiap bayi akan berbeda.. terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. Keturunan sangat berpengaruh..

      Apabila pada usia 14 bulan belum ada tanda tumbuh gigi barulah Anda konsultasi dengan dokter ahli gigi.

      Merangkak merupakan transisi antara duduk dan berdiri ini, tidak harus ada pada setiap bayi. Ia bukan milestone atau tonggak penting perkembangan, seperti halnya duduk ataupun berdiri yang memang harus ada.

      Pendek kata, merangkak tak dipakai sebagai suatu patokan penting untuk pertumbuhan. “Bukan sebagai kunci penting. Ada anak yang tanpa merangkak dan langsung berdiri juga boleh-boleh saja.”

      Hmm.. Ya sebenarnya usia segitu sudah bisa diberikan nasi tim saring atau bahkan tidak disaring. Akan tetapi harus melalui tahapan.. ;-)

      Terang saja tidak mau.. karena rasanya berbeda dengan rasa makanan sebelumnya. Itu normal dan biasa..

      Jangan Anda biasakan memberikan makanan instan. Apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet..

      Jangan dipaksa .. Tapi buat porsi – porsi kecil dulu dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

  15. julii May 16, 2012 at 5:08 pm #

    Tips baby ku umur 8bulan lebih giginya belum tumbuh, dia susah sekali makan tapi menyusu nya suka bbnya sudah 9,5kg belum mahir merangkak tapi sudah onggok2, kira2 umur berapa max gigi pertama tumbuh? Boleh tidak saya memberikan menu daging giling di atas walaupun gigi baby ku belum tumbuh? Ditunggu balasannya. Thx tips

    • tips-bayi May 18, 2012 at 4:10 am #

      @ julii,

      Belum tumbuh gigi..? Sebenarnya Anda jangan khawatir.. Perkembangan fisik dan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. Termasuk pertumbuhan gigi. Pada setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan gigi yang sama, meskipun kakak beradik sekalipun. Faktor keturunan sangat berpengaruh.

      Apabila pada usia 14 bulan belum ada tanda tumbuh gigi barulah Anda konsultasi dengan dokter ahli gigi.

      Resep diatas bisa diberikan pada usia bayi Anda .. Selamat mencoba .. ;-)

  16. mama alvin April 10, 2012 at 2:17 pm #

    Maaf sy kurg paham yg prbedaanny itu..Oh y tips,masakan berkuah dan sayuran,contohny yg gmn y?maklum ini ank prtama n sy jg jauh dr org tua..tq-b4

  17. mama fadlan April 10, 2012 at 11:07 am #

    dear tips..anak qu hampir 1 tahun,apakah boleh aq kasih makan nasi lembek+abon ayam?thxu

    • tips-bayi April 17, 2012 at 3:06 pm #

      @ mama fadlan,

      Boleh.. Apalagi abon yang kwalitasnya bagus.. uenak tuh.. ;-)

  18. mama alvin April 5, 2012 at 2:29 pm #

    Tq..sy mow nanya lg ni tips,alvin 1 mggu lg mow msuk 8 bln..pa udh bisa y dkasi makn nasi tim tnpa dblender lg?sy udh mulai merubah makananny scara btahap kq..trus pa benar santan bisa menambah lemak dlm tubh bayi?coz sy ingin alvin gemuk,pa da bisa makan makanan brsantan?kasi donk tips resep makan dr. Santan.dijawab satu2 n smuany y tips,hehehe..tq,

    • tips-bayi April 10, 2012 at 4:02 am #

      @ mama alvin,

      Rubahlah sedikit demi sedikit tekstur makanan Alvin.. Sebaiknya usia segitu diberi nasi tim saring..

      Jadi begini bu.. Nasi tim saring bisa dikenalkan mulai 8 bulan atau mulai sekarang.. Teksturnya mirip dengan bubur beras yang sangat kental. Namun ada bedanya, beda bubur yang sangat kental dengan tim saring adalah : Bubur akan lebih cepat berair dan rasanya tidak semantap atau setanak nasi tim saring.

      Makin meningkat umurnya, nasi tim tidak perlu disaring. Namun bisa hanya dihaluskan menggunakan sendok saja. Jangan lupa, untuk tahapan makan nasi tim sebaiknya Anda selalu menyiapkan sayuran atau masakan berkuah supaya bayi nggak merasa seret.. :-)
      Nah, untuk selanjutnya nasi tim yang sudah advance teksturnya akan mirip dengan nasi tanak lembek.

      Nasi tanak lembek Ini juga nggak ada definisi ilmiahnya. Nasi tanak bisa disebut juga nasi liwet. Karena masaknya dengan cara diliwet sehingga tanek.

      Nasi tanak lembek memiliki tekstur yang sangat mirip dengan nasi tim biasa. Hanya saja, nasi tanak biasanya lebih ‘taneg’, lebih pulen dan lebih padat daripada nasi tim. Nasi tanak bisa dibuat dengan cara ‘tradisional’-dengan cara di aron dan dilanjutkan dengan me-liwet atau menanak nasi aron dalam kukusan (langsung, nggak pakai ditaruh di wadah). Atau pakai cara yang paling cangggih… dengan Rice Cooker.. ;-)

      Untuk porsi dan jadwal makan tingkatkan secara bertahap..

      Santan memang salah satu sumber lemak nabati.. Jika Alvin sudah berusia hampir 8 bulan maka sistem pencernaannya sudah lebih baik lagi dan sepertinya sudah siap untuk menerima makanan mengandung santan kelapa. Meskipun begitu sebenarnya tergantung bayinya juga. Terkadang ada yang sensitif belum bisa menerima makanan bersantan.. ;-)

      Susu bisa juga sebagai ganti santan..

      Ingin Alvin gemuk..? Memang BB Alvin berapa..? Berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat… Kurus atau gemuk bisa saja turunan lho.. ;-)

      Untuk resepnya, sementara sebelum ada yang baru. Anda bisa lihat di:

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

  19. mama alvin April 1, 2012 at 3:34 pm #

    Tips pa ga pa2 y n bisa kh kalo ankq d kasi biskuit spt roma kelapa atw roma marie bt melatih giginy ,oh y alvin ckg udh tumbuh giginy,

    • tips-bayi April 4, 2012 at 2:17 am #

      @ mama alvin,

      Hmm.. Lebih baik sih biscuit bayi ya.. ;-)

      Alvin sudah bisa memegang sendiri dan mengunyah bisa mulai diperkenalkan ‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil dan sayuran rebus..

  20. wulan March 24, 2012 at 2:34 pm #

    BB 8,1 kg, TB 68

  21. wulan March 24, 2012 at 2:33 pm #

    dear tips… anak saya umur 7 bulan 15 hr…sudah sy beri mpAsi sejak usia 5,5 bln dengan bubur susu yg dijual dipasaran..sekarang dia sdh mulai sy perkenalkan makanan semi padat, seperti bubur tim sayur+daging, jg finger food (melon,apel)..pernah sy ajak makan ke pizza hut dia sibuk sekali meraih makanan yg ada didpn nya..sy kasih makanan bayi nya dia sdh gak nafsu buat makan, akhirnya sy kasih garlicbread…sy merasa bersalah…bolehkah anak seusianya makan makanan dewasa spt pizza…soalnya saat sy ksh pizza dia jg mau, wlaupun tdk dtelan…hanya emut sja..
    oh ya BABnya normal..

    • tips-bayi March 29, 2012 at 3:00 am #

      @ wulan,

      Hmm.. Makanan dewasa sudah bisa Anda perkenalkan ketika bayi Anda menginjak usia 1 tahun.. itu pun sebaiknya jangan kudapan diluaran yang kandungan dan kebersihannya kita tidak tahu..

      Memang sebaiknya ketika kita jalan-jalan jangan lupa membawa fingers food-nya.. ;-)

      Wah BB dan TB-nya bagus ideal dengan usianya..

  22. mama alvin March 22, 2012 at 2:17 pm #

    Tips da cara lain ga bt simpan makanan anakq agar tahan lama soalny sy ga pny kulkas;pliz sgera d reply y..tq

    • tips-bayi March 28, 2012 at 3:44 am #

      @ mama alvin,

      Kalau hanya untuk 2 kali makan saja atau untuk disajikan sore hari, Anda boleh menyimpannya dalam magic jar.. ;-)

  23. mama vander March 19, 2012 at 9:02 am #

    salam…anakku umur 7 bln 1minggu.sya mw tanya apakah anakku sudah boleh saya beri campuran ikan atau daging dalam makanannya? Thanks

    • tips-bayi March 22, 2012 at 4:18 am #

      @ mama vander,

      Daging sudah boleh.. hati ayam, tahu, tempe. :-)

      Ikan.. Selain tinggi protein, ikan memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat bagi pembentukan otak bayi. Ikan baik ikan air tawar maupun ikan laut seperti tuna, tengiri, makarel, dan kakap besar dapat diberikan kepada bayi Anda bila sudah berusia 9 bulan ke atas..

      Ikan, terutama yang bertulang, dikenal sebagai pencetus alergi pada bayi. Bahkan seringkali dianjurkan untuk memberikan ikan hanya jika bayi berusia 1 tahun. Ada yang menyarankan untuk menunggu hingga usia 3 tahun. Namun ada juga yang menyatakan bahwa ikan aman dikonsumsi bayi berusia 9-10 bulan. Alasan lain menunda pemberian ikan pada bayi adalah kandungan merkuri yang mungkin terdapat pada ikan. Saat pertama kali mengenalkan ikan, penting untuk memilih tipe ikan berdaging putih. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter anak Anda sebelum Anda memberikan ikan, terutama kerang-kerangan..

  24. bunda frieda March 17, 2012 at 4:20 am #

    dear tips…
    frieda saat ini sudah umur 9 bulan tapi kok BB -nya masih 6kg aja, saya jadi bingung tips.. bidan nyaranin saya kasih dia susu pan enteral p friedanya g doyan. minta sarannya dong tips.. thx ya…

    • tips-bayi March 21, 2012 at 7:34 am #

      @ bunda frieda,

      Frieda masih minum ASI..? Maaf.. apakah Anda atau papa Frieda kecil..?

      Pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat… Kurus atau gemuk bisa saja turunan lho.. ;-)

      BB Frieda masih tergolong NORMAL, karena masih 70% BB normal untuk bayi Indonesia. Meskipun terlihat kecil.. ;-)

      Agar pertumbuhan tulang atau tinggi maupun beratnya tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP..

      Buatlah pola makan yang baik dengan gizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.. dan istirahat yang cukup. Hindari makanan-makanan instan dan jajanan yang menggunakan pemanis buatan dan perisa kimia..

  25. bety nura February 25, 2012 at 3:57 pm #

    salam kenal tips…anak saya umur 7,5 bulan lagi susah banget makan nih…kemaren-kemaren saya kasih bubur kentang wortel (kentang n wortel yg dikukus trus disaring halus), bubur nasi kaldu kadang pake wortel, kadang pake bayam, kadang pake tempe dibuat dengan cara yg sama dengan bubur kentang, trus sering juga saya kasih bubur dari tepung beras putih dicampur dengan alpukat saring/ pepaya saring/pear kukus saring/apel kukus saring…..
    nah sekarang saya lagi bingung karena dia sudah gak mau lagi makan yg kaya gitu, maunya makan makanan yg bisa dipegang tangan, disuapin langsung dengan tangan(tanpa sendok) dan gak mau makan nasi walaupun teksturnya udah agak kasar. sekarang ini saya sering sekali ngasih anak saya kentang kukus, pear kukus yg gak disaring lagi, …tapi saya kasian nih kalo gizinya kurang,…tolong dong ibu-ibu dan tips mungkin bisa membantu memberi resep menu makanan plus cara membuatnya, untuk anak saya, yang baru punya dua gigi di bawah.
    Dan mungkin bisa membantu mengatasi agar anak saya mau makan dengan sendok…terimakasih banyak sebelumnya…

    • tips-bayi March 3, 2012 at 4:54 am #

      @ bety nura

      Sebenarnya jika bayi Anda sudah bisa memegang sendiri dan mengunyah bisa mulai diperkenalkan ‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil, sayuran rebus, biscuit yang gampang lumat, sehingga bayi dapat latihan makan sendiri dan bisa terlatih dengan menu yang berfariasi.. ;-)

  26. ummi irma February 18, 2012 at 1:57 pm #

    tips bayi… mau tanya nih, anak saya usia 1 tahun tapi belum tumbuh gigi juga, apa boleh di kasih makan es krim?
    dan bisa kasih masukan makanan apa aja yang bagus untuk merangsang pertumbuhan giginya. terima ksih sebelumnya.

    • tips-bayi February 25, 2012 at 2:56 am #

      @ ummi irma,

      Irma sudah makan makanan semi padat kan..? Es krim teksturnya seperti buburnya ya..? Jadi es krim boleh.. Asal Anda berikan pada waktu jauh dari jadwal makannya atau pada jadwal makan buah atau juga tersendiri, agar nafsu makan Irma tidak terganggu.. :-)

      Belum tumbuh gigi..? Sebenarnya Anda jangan khawatir.. Perkembangan fisik dan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. Termasuk pertumbuhan gigi. Pada setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan gigi yang sama, meskipun kakak beradik sekalipun. Faktor keturunan sangat berpengaruh..

      Dan sebenarnya Anda tidak perlu mencari vitamin agar gigi bayi Anda tumbuh cepat.. Mungkin Anda dan/atau suami Anda pun memiliki sejarah yang sama dengan bayi Anda… ;-)

      Apabila pada usia 14 bulan belum ada tanda tumbuh gigi barulah Anda konsultasi dengan dokter ahli gigi.

      Berikan makanan sesuai tahapannya. Jika anak Anda sudah bisa memegang sendiri dan mengunyah bisa mulai diperkenalkan ‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil, sayuran rebus, biscuit yang gampang lumat, sehingga bayi dapat latihan makan sendiri dan bisa terlatih dengan menu yang berfariasi.

      Teether (mainan untuk digigit) bisa digunakan untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi di usia 5-6 bulan ke atas. Jika saat itu gigi susunya mulai tumbuh dan gusinya biasanya gatal serta nyeri akibat gigi mendesak jaringan gusi. Dengan menggigit-gigit sesuatu, bayi merasa nyaman. Bentuknya yang padat digenggam dan dijumput juga dapat melatih ketrampilan motorik halus bayi.

      Agar tidak berisiko dalam menggunakan teether seperti, terinfeksi penyakit, atau luka jika ada bagian yang tajam, sebaiknya:

      # Beli teether dari produsen yang reputasinya terjaga.
      # Setelah digunakan, segera cuci teether dengan air panas atau cairan pembersih khusus, lalu simpan dalam wadah yang bersih, agar terjaga kehigienisannya dan bisa juga masukan lemari es.
      # Pilih teether yang dibuat dari lateks dan berisi gel, karena akan terasa lebih dingin daripada teether yang berisi air.
      # Sesuaikan bentuk teether dengan mulut bayi. Jika masih berusia 5 bulan, pilih teether yang kecil.

  27. ummi irma February 18, 2012 at 1:56 pm #

    tips bayi… mau tanya nih, anak saya usia 1 tahun tapi belum tumbuh gigi juga, apa boleh di kasih makan es krim?
    dan bisa kasih masukan makanan apa aja yang

  28. ummi irma February 18, 2012 at 9:56 am #

    mau tanya nih… anak saya usia 1 tahun tapi belum juga mempunyai gigi? apa sudah boleh di kasih es krim walaupun giginya belum ada yang tumbuh? mohon jawabannya. terimakasih :)

    • tips-bayi February 25, 2012 at 2:45 am #

      @ ummi irma,

      Irma sudah makan makanan semi padat kan..? Es krim teksturnya seperti buburnya ya..? Jadi es krim boleh.. Asal Anda berikan pada waktu jauh dari jadwal makannya atau pada jadwal makan buah atau juga tersendiri, agar nafsu makan Irma tidak terganggu.. :-)

      • prety January 8, 2014 at 2:56 am #

        kalo usia naka saya 10 bulan boleh ga ya makan es krim & makan kerupuk

        • tips-bayi January 24, 2014 at 3:05 pm #

          prety,

          Es krim teksturnya seperti buburnya ya..? Jadi es krim boleh.. Asal Anda berikan pada waktu jauh dari jadwal makannya atau pada jadwal makan buah atau juga tersendiri, agar nafsu makan Irma tidak terganggu.. :-)

          Kerupuk atau gorengan tidak boleh karena mengandung oksidan tinggi dan lemak jenuh, makanan yang dikukus atau direbus baik untuk bayi Anda.. Kalaupun terpaksa memberikan kerupuk, jangan terlalu banyak dan jangan dibiasakan.

  29. sabrinna February 7, 2012 at 1:10 pm #

    dear tips bayi..
    anak saya usia 8bln 17hr..sudah tumbuh gigi 2 dibawah & sudah merayap kemana2 dengan dadanya. Yang saya ingin tanyakan apakah nantinya anak saya akan merangkak atau tidak? Banyak orang yang bilang katanya kalau tumbuh gigi dulu,maka berjalannya akan lama.,
    Yang kedua,anak saya aktif sekali tingkahnya, tetapi dia jarang sekali mengoceh..padahal sejak bayi saya selalu mengajaknya bicara. Waktu itu usia 2 bln hingga 6 bln dia sering ngoceh.,tetapi sekarang jarang sekali..pernah sesekali dia mengucap “mama…”
    trimakasih sebelumnya..

    • tips-bayi February 11, 2012 at 4:03 am #

      @ sabrinna,

      Tidak selalu yang tumbuh gigi terlebih dulu maka berjalannya akan lama.. :-)

      Anda jangan khawatir perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan termasuk kemampuan berbicara… Dan bahkan terkadang ada juga yang tidak melalui tahapan yang biasa. Misalnya tidak merangkak tapi langsung berdiri dan berjalan. Ada juga yang ngesot tidak merangkak.. Jadi setiap bayi akan berbeda.. terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. Keturunan sangat berpengaruh.. ;-)

      Dan bahkan terkadang ada juga yang tidak melalui tahapan yang biasa. Misalnya tidak merangkak tapi langsung berdiri dan berjalan. Ada juga yang ngesot tidak merangkak.. Jadi setiap bayi akan berbeda..

      Ajaklah terus berbicara.. meskipun sepertinya bayi Anda belum mengerti akan tetapi harus Anda biasakan dan posisikan seperti sudah mengeri pembicaraan Anda..

  30. Atin February 4, 2012 at 12:03 am #

    Halo tips bayi
    anakq namanya dina usia 8 bln BB 10kg dari 3 hari kemarin aq kasih makan nasi tim buatan sendiri ma dikasih kuah k BABnya encer biasanya g gitu kloq dikasih makan pisang lumat,dan itu terjadi jika bangun tidur?

    • tips-bayi February 10, 2012 at 2:49 am #

      @ Atin,

      Bagus sekali Anda memberikan Dina MPASI buatan sendiri. Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Feses encer tapi tidak demam atau rewel..? Jika tidak, Anda jangan khawatir.. Susui saja terus, bisa juga Anda berikan pisang lumat siang harinya.. ;-)

  31. ayu lulu January 13, 2012 at 2:54 pm #

    momni baby dah 8 bl 12 hari,dari 6 bl dah tak buatin bubur sendiri, dari bubur di blender trus di saring,skrg dy dah puny gigi 4, tahapnya q ganti beras dicuci trus diblender lalu dimasak yar bentuknya agak kasar dikit, tp dy mlh ga bisa knp ya???
    sya harus gmna untuk naik ke tahap selanjutnya?? sya tkt dy ntar maunya yg halus trus..
    pa bisa pengaruhi gitu??

    • tips-bayi January 18, 2012 at 3:48 am #

      @ ayu lulu,

      Setelah diblender berasnya tidak disangrai dulu..?

      Sebaiknya Anda rubah secara bertahap.. dari encer ke agak kental, terus ke kental.. lalu rubah kekasarannya begitu terus.. dengan bertahap dan dibiasakan..

      Jika belum biasa dengan tekstur baru, maka Anda bisa kembali dulu ke tekstur lama sambil terus mencoba agar terbiasa.. ;-)
      Dan rasa makanan barunya jangan terlalu jauh ari rasa makanan sebelumnya.. ini penting juga..
      Fariasikan menunya agar terbiasa dengan berbagai macam rasa, sehingga bayi Anda akan terbiasa dengan perubahan makanan..

  32. mom daffa January 12, 2012 at 9:15 am #

    iya ya ternyata daffa tau ASI lebih baik drpda sufor,
    dan jg tau makanan buatan sendiri lebih baik drpda yg instan…hihihi

    tp krn gk co2k su2 gk mngkin,cos sufor dah berhenti total
    walaupun seandainya gk berhenti bkn krn su2 jg,cos sebelumnya BABny lancar aja tuh…

    Kasian liat daffa BABny keras
    apa krn tekstur makanannya yaa,atau bahan makanannya
    apa gk apa2 umr 7,5bln daffa aku ksih nasi tim yg dibenyek2?

    Oya jadwal makannya 4x shri klo cemilanx biskuit bs 2x sdangkan buah kdang2 aja,apa udah benar ya jadwal makannya.

    • tips-bayi January 16, 2012 at 2:21 am #

      @ mom daffa,

      Hmm.. Bisa juga tuh karena bahan makanannya.. Selain membuat pola makan yang baik.. Perbanyak juga menu makanan yang mengandung serat. Pilihlah menu dengan buah dan sayuran. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi Anda dianjurkan 5 porsi kecil setiap hari (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah.. ;-)

      Buat jawdal makan buah yang tetap setiap hari, bisa satu atau dua kali..

      Usia Daffa 7,5 bulan belum ke tekstur nasi tim.. masih bubur.. Rubahlah tekstur makanannya secara bertahap.. ;-)

  33. mom daffa January 11, 2012 at 8:34 am #

    hy tips,
    mau nanya,anak ku 7,5m baru makan MPASi buatan sendiri, sebelumnya makan yg instan aja,berhubung dia gak doyan lagi yg instan jd aku buat sendiri aja,eh doyan bgt makannya lahap pula semangat bgt,tp BABnya knp ya jd keras gk teratur,sedikit tp maaf bau bgt,sebelumnya gk gitu.
    Makanannya aku bikin nasi tim aja tp dibenyek2,cos dia gk suka bu2r yg lembut kayaknya dia suka sensasi kasar di mulutnya jd ada yg dikunyah2 gitu.

    Oh ya,dari 0-5,5 bulan dia ASI tp setelah 5,5bulan mogok ASI Kayak ogah2an gitu minumnya,aku kasih sufor aja dibotol tp kalau malam dalam keadaan tidur masih netek.
    Nach,sekarang umr 7,5bulan malah nolak bgt ma sufor doyan netek aja,apa dia lg manja2nya ya pengen deket ma2hnya,aku kasih pake gelas jg gak mau jgnkn minum mencium baunya aja udah ogah dia,padahal dia suka bgt minum pake gelas,knp bisa gitu ya?
    .

    • tips-bayi January 12, 2012 at 4:18 am #

      @ mom daffa,

      Hmm.. :-) Bayi memang unik..

      Bagus jika Daffa nolak sufor malah minta ASI.. Daffa ternyata tau yang terbaik untuk masa depannya.. ;-)
      Kalau Daffa tidak mau minum susu.. maka jatah susunya bisa Anda campurkan ke dalam makanannya..

      BAB keras.. Tidak cocok susu bisa juga sebagai penyebab BAB keras.. Maka sebaiknya pertahankan pemberian ASI sampai usia 2 atau 2,5 tahun..

      Bagaimana dengan MPASI-nya..? Buatlah pola makan yang baik.. Perbanyak menu makanan yang mengandung serat. Pilihlah menu dengan buah dan sayuran. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi Anda dianjurkan 5 porsi kecil setiap hari (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

      Usaha lain yang bisa Anda lakukan apabila bayi Anda susah BAB..

      * Bantulah bayi Anda dengan melakukan olahraga kecil, dengan cara menekuk lutut bayi kearah perutnya secara lembut beberapa kali, yang akan membantu untuk mengeluarkan feses
      * Mandikan dengan air hangat.
      * Oleskan baby oil di daerah sekitar anus bayi.

      Jagalah makanan Anda..!

      Pola BAB bayi belum tetap. Bisa sering atau jarang.. Seiring dengan bertambah usianya maka pola BAB bayi Anda akan terbentuk hingga jadwalnya akan terlihat.. Untuk frekuensi BAB, prinsip sederhananya “pengeluaran bagaimana pemasukan” ;-)

  34. prasasti January 2, 2012 at 2:53 pm #

    ank q cew umur 7bln mo ty nih :
    1. bahaya g sih klo dkasih MPASI instan trus cz repot urus anak sendiri..?
    2. ank q klo digigit nyamuk sll berbekas hitam ada g philang bekas yg bagus cz tkut beli sembarangan..?jd skrg byk bekas bgt gi2tan nyamukx..
    terima kasih sebelumnya..

    • tips-bayi January 7, 2012 at 2:49 am #

      @ prasasti,

      1. Memang sebaiknya jangan Anda biasakan memberikan makanan instan. Apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet..

      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat.. ;-)

      2. Meskipun ada krim khusus untuk menghilangkan noda akan tetapi tetap lebih baik alami saja.. karena noda gigitan nyamuk pada bayi Anda tidak akan membekas bila dewasa nanti kok.. Untuk menghindari lecet bisa Anda oleskan baby oil.. dan untuk menghindari gigitan nyamuk jangan Anda gunakan obat nyamuk bakar, semprot atau lotion anti nyamuk.. lebih baik back to nature saja pakai kelambu.. ;-)

  35. desri September 13, 2011 at 6:12 am #

    dear tips bayi,,sekarang ank sy usia 5 bln,tp klo lg minum susu nafasnya ngegorok gmn solusinya?? trs apa penyedap makanan baik untuk bayi usia 6 bilan?klo emg ga bgs gm solusinya??adakah bahan lain yang bs mengganti penyedap makanan trsbt??terimakasih

  36. Nila September 12, 2011 at 2:47 am #

    Dear tips bayi, anakku usinya 9m+ skarang, belum muncul satupun giginya. tapi sekarang sudah trantanan dan belajar berdiri. bagaimana resep makanan sebaiknya? apa sudah bisa diberi bubur tim padahal belum ada gginya? karena kalau makanannya agak padat, anakku suka muntah

  37. anna September 8, 2011 at 2:53 pm #

    bayi sy usia 9bln krn sy kurang brvariasi sy sllu mberikan mpAsi dg bubur instan dn biskuit kdg snack. Sy mo tnya :
    1. Bolehkah sy trllu sering mberikan bubur instan??
    2. Bolehkah sy sering mberi snack spt nyam2 ato snack yg laen utk camilannya?? Serta mberikan mnuman es teh spt sosro dn smcamnya??
    Krn dg bgtu bati sy jd doyan makan. Stlh sy baca dialog diatas sy jd was2..
    Tlng jwbnnya.. Plizz. thx

  38. wini August 16, 2011 at 6:06 am #

    Dear tipsbayi,
    Anak sy umur 9 bulan..dr umur 7 bulan,mpasi(spt bubur dan ns tim) sy selalu menambahkan garam sedikit,krn ibu sy blg d tambah garam sedikit utk rasa.sy jadi takut setelah membaca dr tipsbayi..bagaimana ini?

    • tipsbayi August 29, 2011 at 3:17 am #

      @ wini,

      Sedikit ya..? Anda jangan khawatir.. itu sudah berlalu.. ;-)
      Yang penting mulai sekarang Anda berikan yang terbaik untuk bayi Anda..

  39. Bunda Bik August 7, 2011 at 8:01 am #

    Umur brp bayi boleh makan mnkn berkuah yg kaya rempah sbg variasi,misalny kuah soto,dan resep soto yg aman bwt bayi gmn?trs kl msk sop sbg pgnti garam apa selain gurih kaldu?
    Minta resep camilan bayi jg y.,spt puding susu,dll.makasi banyak infonya

    • tipsbayi August 15, 2011 at 6:59 am #

      @ Bunda Bik,

      Usia 7-8 bulan atau jika bayi Anda sudah mulai biasa dengan makanan padat atau MPASI, Anda sudah bisa membubuhkan bumbu masak alami pada makanannya.. Contoh bumbu alami adalah bawang bombai, bawang merah, bawang putih, bawang daun, seledri, salam, serai, daun jeruk, kemangi, lengkuas, kunyit, kencur. Hanya saja untuk ini Anda perlu melihat dan menyesuaikan minat bayi Anda..

      Kalaupun Anda membubuhi makanan bayi Anda dengan bumbu alami jangan sampai terlalu merubah rasa hingga bisa saja bayi Anda malah menolak makanannya.. ;-)

      Kaldu sudah cukup kok.. Untuk pemberian garam atau bumbu sejenisnya pada makanan bayi Anda sampai bayi Anda berusia lebih dari 1 tahun.. itupun pemberiannya tidak boleh berlebihan.. ;-)

      Fungsi ginjal bayi Anda belum cukup matang untuk menyisihkan kelebihan mineral dalam garam dapur. Maka segala jenis menu dengan kandungan garam dapur, apalagi yang berlebihan, sebaiknya dijauhkan dari menu harian bayi Anda.

  40. lisa June 21, 2011 at 6:34 am #

    Usia berapa bayi boleh mengkonsumsi abon sapi/ ikan?

    • tipsbayi July 5, 2011 at 2:37 am #

      @ lisa,

      Abon atau Ikan, baik ikan air tawar maupun ikan laut seperti tuna, tengiri, makarel, dan kakap besar dapat diberikan kepada bayi Anda bila sudah berusia 9 bulan ke atas. Pengolahannya bisa ditim, dipanggang, ditumis, atau dipepes.. ;-)

  41. Ria June 1, 2011 at 6:21 am #

    Tips,minta resep mpasi untuk bayi 6 bulan dong..tp yg pakai slow cooker y..apa takarannya sama ky buat bu2r saring dikompor?perlu disaring lg ga yah?

    • tipsbayi June 18, 2011 at 4:16 am #

      @ Ria,

      Resep ya..? Baik Anda klik link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

      Kalau bayi masih mendapatkan bubur saring, maka harus disaring lagi..

      Tapi.. sebaiknya memasak dengan slow cooker dihindari, karena proses memasak yang terlalu lama meskipun dengan api yang kecil dapat merusak zat gizi yang terkandung dalam makanan.. lebih baik repot sedikit tapi manfaatnya banyak.. ;-)

  42. mayla May 8, 2011 at 4:48 pm #

    anak saya sejak usia 8 bulan bubur timnya saya blender kasar. sekarang sudah 9 bulan, saya bingung, apakah masih di blender kasar atau langsung diberikan. pernah saya coba bubur tim tidak diblender, pernah juga beras yang dibubur dipisah dengan sayur dan lauk yang diblender halus.pernah juga nasi panas dihaluskan dengan sayur (menu dewasa). Anak saya kadang mau kadang tidak. yang benar yang mana ya? yang membuat anak saya kadang tidak mau itu apa menunya? kemarin saya beri ikan tenggiri dalam bubur tim yang diblender kasar, hanya makan pagi saja mau. siang dan sore tidak.

    • tipsbayi May 17, 2011 at 2:27 am #

      @ mayla,

      Bayi Anda sudah 9 bulan ya..? Pada usia ini bayi Anda sudah bisa diberikan makanan yang teksturnya sama dengan nasi tim.. Tapi kalau Anda ingin merubah tekstur dan kekenyalannya harus dengan bertahap..

      Untuk melihat minat bayi Anda pada menu barunya, sebaiknya Anda campurkan terpisah lauknya. Jadi jika bayi Anda kurang senang dengan rasa lauknya Anda tinggal mencari lauk yang lainnya yang bisa Anda campurkan pada tim atau buburnya..

      Dan ingat.. Sebelum Anda memberikan makanan pada bayi Anda, sebaiknya Anda cicipi terlebih dahulu rasanya. Jangan-jangan kurang enak.. ;-)

      Terkadang kita asal campurkan saja bahan makanan. Karena melihat kandungan gizi yang bagus maka berbagai bahan dicampurkan sedangkan tidak dipertimbangkan rasa makanan jadinya.. :-)

  43. Bunda Alif April 25, 2011 at 2:42 am #

    Bagus gak ya kalo Alif yang berusia 8,5 bulan dikasih bubur saring 3 x sehari ( Pagi, Siang , Sore ) selingannya cuma buah siang hari

    • tipsbayi April 28, 2011 at 4:23 am #

      @ Bunda Alif,

      Bila jadwalnya seperti itu bagus.. Tapi seharusnya tekstur makanannya sudah mulai tim tanpa saring yang nantinya mendekati nasi lembek.. ;-)
      Akan tetapi tidak mengapa, rubahlah saja kekentalan bubur susunya secara bertahap mulai dari sekarang sekarang. Berikan cemilan-cemilan lain berbentuk “finger food” agar puteri Anda terbiasa dengan makanan sedikit kasar.. ;-)

      Untuk macam-macam resepnya Anda bisa lihat di:

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

  44. Ria April 19, 2011 at 8:38 am #

    Tips, mohon bantuannya yah. Kalo mo nyimpan beras merah itu baiknya di mana ya? Tupperware/lock-n-lock gitu? Trus nyimpannya suhu kamar ato bisa di kulkas?

    Oya, saya pernah dengar cara pengenalan mpasi ala baby-led weaning, karena saya kan mo skip biskuit/snack instan gitu, jadi saya mo mengenalkan snack finger food alami saja seperti sayuran/buah kukus, mulai usia berapa bulan ya tips?

    Trims yaa

    • tipsbayi April 28, 2011 at 4:20 am #

      @ Ria,

      Peyimpanan tepung..? Tupperware/lock-n-lock itu bagus.. simpan di suhu kamar, tapi jika sudah di seduh/ dimasak, Anda bisa simpan di kulkas bahkan di freezer. Ada bisa baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Sayuran atau buah kukus bisa mulai Anda kenalkan dari usia 6 bulan, tapi untuk ‘finger food’ apabila bayi Ada sudah bisa memegang dan sudah mulai belajar mengunyah.. ya.. sekitar usia 8 bulanan.. ;-)

  45. shannon k March 24, 2011 at 4:19 am #

    tlg dunk dishare u menu bayi alergi…lg gingung ne..

    • tipsbayi April 6, 2011 at 2:23 am #

      @ shannon k,

      Usia berapa ya..? Untuk jadwal makan sebenarnya sama saja, hanya untuk menu ada sedikit perbedaan. Hindari untuk sementara bahan makanan yang diperkirakan pemicu alergi bayi Anda.. ;-)

      * Berikan ASI sekehendak atau PASI 4 x (200-220 ml)
      * 1 x bubur susu
      * 1 x buah
      * 2 x nasi tim (kalau belum ada gigi perlu dihaluskan)
      * Pemberian kuning telur ditunda dulu karena alergi dan bisa dicoba diberikan kembali setelah usia 1 tahun.

      Seandainya susu tidak habis, porsinya bisa diperkecil. Tapi diberikan 5–6 kali, sehingga jumlah susu sehari tetap sesuai yang dikehendaki.

  46. Anonymous January 8, 2011 at 4:52 pm #

    Dear Tips bayi
    anakku salsa berumur 9bln, sdh 2hr dia sering mengalami BAB, 5 kali sehari tetapi setelah dia terbangun dr tidur, fases BABnya normal, bahayakah apa yg dialami anak sy itu? trima kasih

    • tipsbayi January 18, 2011 at 4:11 am #

      @ Anonymous,

      Salsa tidak rewel dan tidak demam kan.. ? Kalau jawabannya tidak.. Anda jangan khawatir.. ;-)
      Karena pola BAB bayi belum tetap. Bisa sering atau jarang.. Seiring dengan bertambah usianya maka pola BAB bayi Anda akan terbentuk hingga jadwalnya akan terlihat..

  47. umi ubay December 8, 2010 at 4:54 pm #

    tips,.,saya udah coba resep2 nya,& menunya ubay sudah divariasikan,alhamdulillah ubay suka,makannya lahap,. tips ditunggu menu yg baru” y, ubay udh mau 1 thn nih, resep puding, kue mangkok, skutel & cemilan bayi lainnya,.
    o ya tips kl daging giling/ayam giling simpan di frezzer bisa brp lama ? 1 bulan ?
    dan 50 gr daging itu kl ditakar pakai tgn sebrp y ?
    trims ;)

    • tipsbayi December 20, 2010 at 8:11 am #

      @ umi ubay,

      Penyimpanan daging di dalam lemari pembeku (freezer) di dalam lemari es 1 pintu bisa bertahan selama 2 bulan, sedangkan dalam freezer di lemari es 2 pintu (pintu freezer terpisah) tahan selama 3-4 bulan.

      Dengan catatan selama sebelum penyimpanan daging tersebut diperhatikan kebersihannya.. ;-)

      Wah untuk takaran.. sepertinya tangan umi dengan tangan saya berbeda ya.. jadi untuk akuratnya timbang saja deh.. ;-)

  48. sari November 15, 2010 at 2:10 pm #

    boleh bayi saya dikasih air putih setelah MPASI? dan apakah boleh dikasih cemilan kue bolu buatan sendiri? thanks atas infonya.

    • tipsbayi December 20, 2010 at 8:07 am #

      @ sari,

      Air putih.. Memang benar biasanya bayi suka sekali air putih, tetapi terlalu banyak air putih dapat menganggu keseimbangan cairan dalam tubuh bayi dan karena air putih lebih segar dirasakan bayi akibatnya asupan untuk bayi Anda akan berkurang, air putih tidak bergizi sehingga seringkali mengganggu kenaikan BB dan nafsu makannya… Susu (terutama ASI) merupakan cairan yang terbaik untuk tetap menjaga bayi terutama yang belum mendapat makanan padat dari ancaman dehidrasi..

      Bahkan untuk bayi dibawah 6 bulan jangan dberi minum air putih, meskipun nantinya anak Anda sudah 7 bulan ada baiknya bayi Anda jangan diberi terlalu banyak air putih dulu, cukup diberikan untuk mendorong makanan saja, perbanyaklah ASI atau sufor.. ;-)

      Anda bisa memberikan kue basah buatan Anda sendiri, misalnya biskuit, puding atau kue basah. Jangan terlalu manis dan berikan sedikit-sedikit..

  49. sari October 30, 2010 at 12:15 pm #

    Anak saya sekarang sudah 6bln 3minggu. Saya sudah memberinya MPASI, tp skala pemberiannya baru 2x sehari. Dan pertama kali saya kasih biskuit pisang BAB-nya tidak ada masalah, kemudian saya berikan bubur dgn wortel,ayam. biskuitnya saya ganti lagi dengan susu,madu dan biskuit jeruk (SUN) tp skrng anak saya BAB-nya hijau. sehingga skrng anak saya tidak mau mkn lagi saya binggung untuk MPASI-nya lagi? tlg kasih info.

    • tipsbayi November 4, 2010 at 4:05 am #

      @ sari,

      BAB hijau masih normal tetapi tidak boleh terus-menerus muncul, berarti makanan atau sufor yang bayi Anda konsumsi mempunyai kandungan gula & laktosa tinggi tapi rendah lemak..

      Berikan makanan dengan gizi seimbang. Pemberian gizi tidak hanya satu segi saja, tetapi harus seimbang antara pemberian protein, karbohidrat, lemak, kalori, dan vitamin. Sumbernya pun tidak harus yang mahal, lebih baik dari yang murah. Seperti protein, tak harusdari hewani saja. Dari nabati pun bisa. Misalnya bayi diberi tahu dan tempe.. ;-)

      Pintar-pintarlah Anda memfariasikan MPASI-nya agar bayi Anda tidak cepat bosan. Bagus sekali jika Anda memberikan bayi Anda makanan buatan Anda sendiri.. Karena apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

      2 kali jadwal makan sudah bagus, tinggal Anda tambah jadwal makan buah..

      Untuk resep MPASI-nya Anda bisa buka link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

  50. nita October 26, 2010 at 5:40 am #

    Dear tipsbayi,

    Anakku bakal berumur 7 bulan besok. Sudah macem2 bubur diberikan. Sekarang saya mau coba kasih bubur jagung. Tolong dong dibuat resep bubur yg enak dari jagung. Makasih yaaa..

    • tipsbayi October 29, 2010 at 2:39 am #

      @ nita,

      Wah sudah 7 bulan ya..? Baiklah ini kami berikan Resep Bubur Jagung untuk para ibu..

      Bahan:

      3 buah jagung muda berukuran kecil
      30 cc larutan susu formula

      Cara Membuat:

      1. Kerok biji jagung muda
      2. Rebus dengan air panas hingga lunak
      3. Masukan larutan susu formula, rebus hingga mendidih dan lunak. Atau bisa juga dihancurkan dengan blender setelah matang
      4. Saring untuk membuang kulit-kulitnya.. Siap dihidangkan.. ;-)

  51. jeani August 30, 2010 at 3:53 am #

    dear tips bayi,
    gimana ya caranya tuk membuat kaldu ayam, sapi,ikan, dan sayuran?
    apakah bisa disimpan lama dalam kulkas?
    thanx

  52. tipsbayi August 17, 2010 at 7:18 am #

    @ bunda fe,

    Maksudnya, apakah ketika itu dia meminta susu? Mengenai warna feses, jika hanya kadang-kadang berwarna hijau masih tergolong normal.

  53. tipsbayi August 17, 2010 at 7:08 am #

    @ ika,

    Untuk amannya jangan dulu deh…

  54. bunda fe August 13, 2010 at 6:00 pm #

    bayi ku berumur 7 bulan, 5 hari dan BB 8,2 kg. Apakah memberikan sufor di tengah waktu tidur malamnya masih normal? Biasanya jam 1 pagi dan jam 5 subuh. Trus, BAB kadang-kadang berwarna hijau, penyebabnya apa? Saat ini dia tidak ASI. Trims

  55. ika August 13, 2010 at 4:11 am #

    dear tips,
    bolehkah anak umur 7 bln makan bubur campur abon sapi ato abon ikan?

  56. tipsbayi July 31, 2010 at 2:03 pm #

    elin:

    Hmm.. Menu untuk bayi usia 8 bulan ke atas ya..? Mudah-mudahan tidak lama lagi akan kami lengkapi lagi..

    Untuk sementara Anda bisa melihat dan mencoba menu yang sudah ada di:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/category/makanan-bayi

    Semoga bisa membantu.. ;-)

  57. Eny July 30, 2010 at 3:10 am #

    Anak saya umur 8bln.ko blm tmbuh gigi y,bdnnya jg lemes,blm bs merangkak.kalo d dudukin mw jatuh.BB skrg 7,3kg TB 67cm BB/TB lahir 2,7kg/48cm.apakah ini wajar?dan mkanan apa saya yg mengandung byk kalsium?mksh

  58. elin July 26, 2010 at 4:28 am #

    saya selalu bingung klo mau buat makanan bayi saya umur 8 bulan karena saya rasa kurang bervariasi menunya.mohon infokan ke email saya variasi makanan bayi umur 8 bulan ke atas ya,mksh

  59. tipsbayi July 10, 2010 at 9:17 am #

    Bunda Rajwaa:

    Resep Bubur Daging di atas bagus lho untuk pertumbuhan.. Atau Anda bisa juga memilih menu makanannya di:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/category/makanan-bayi

    Pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat. Secara umum pertambahan BB dapat dikategorikan dalam hitungan sebagai berikut:

    * Triwulan pertama : 600- 1200 gram per bulan

    * Triwulan kedua : 500-600 gram per bulan

    * Triwulan ketiga : 350-450 gram per bulan

    * Triwulan keempat : 150-250 gram per bulan

    Untuk memastikan apakah bayi Anda masih dalam kategori normal, kurang atau berlebih, Anda dapat mengecek atau membandingkannya melalui kurva Lubchenko yang terdapat pada buku pantau tumbuh-kembang bayi atau KMS (Kartu Menuju Sehat) dari Puskesmas atau Rumah Sakit. Nah, berdasarkan kurva tersebut, parameter untuk mengetahui pertumbuhan bayi tidak hanya dilihat dari pertambahan BB, tapi juga tinggi badan dan ukuran lingkar kepala..

    Agar berat badan bayi Anda tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.. Pertahankan pemberian ASI.. ;-)

  60. Bunda Rajwaa July 7, 2010 at 3:52 am #

    Aslm.Tips,anak sy Rajwaa hr ini pas 8bln.Tp mkn nya aku blm sempat bikin variasi.Coz kerja dn d rumah dg nenek nya. BB 7kg. TB 73kg. Lumayan langsing ya :) Nah,skrg aku pgn bikin mkn yg bs menaikkan BB.Kira2 ap ya? Slama ini gasol 5grain d makan plus apel kerok.Tp lama2 kyknya dia bosen.Tolg ya.Trm

  61. tipsbayi July 7, 2010 at 1:37 am #

    mama fakhri:

    Benar sebaiknya matang.. ;-)

    Telur merupakan makanan kaya protein. Namun, pemberian telur kepada bayi terutama bagian putihnya, sering memicu alergi. Jadi kalaupun Anda ingin menyajikan menu telur berikan kuning telurnya saja, sementara putih telur umumnya direkomendasi baru setelah usia bayi di atas 9 bulan. Dan bayi Anda sudah lebih dari 9 bulan juga terlihat tidak alergi maka boleh Anda berikan maksimal 2 butir dalam sehari

    Telur bisa disajikan dalam bentuk sup (telur dikocok lalu dimasukkan ke dalam air rebusan sup ayam atau sup lainnya). Atau rebuslah telur, lalu kuningnya dijadikan campuran tumis sayuran. Puding bayi pun dapat diperkaya kandungan gizinya dengan penambahan susu dan kuning telur.

    MESKIPUN kuning telur bisa diberikan setiap hari (untuk yang tidak alergi), tanpa harus khawatir anak menjadi gemuk sebab kolesterolnya adalah kolesterol baik, akan tetapi SEBAIKNYA Anda variasikan makanan bayi Anda agar bayi Anda tidak cepat bosan. Dan JANGAN memberikan telur yang tidak matang pada bayi Anda.. ;-)

  62. tipsbayi July 7, 2010 at 1:27 am #

    Yepe:

    ASI adalah susu yang terbaik bagi anak. Susu formula terbaik adalah susu yang sesuai dengan kondisi anak dan tidak menimbulkan gangguan. Bukan karena yang disukai, termahal, terkenal atau yang mengandung berbagai macam kandungan kecerdasan.. :-)

    Pertimbangan utama dalam pemilihan susu yang terbaik bagi anak adalah susu yang sesuai dengan kondisi anak dan tidak mengakibatkan reaksi yang mengganggu fungsi organ tubuhnya.

    Kandungan zat tambahan (AA, DHA, sinbiotik dll), harga mahal, disukai bayi dan merek terkenal bukanlah pertimbangan pemilihan susu yang terbaik bagi anak.

    Secara umum semua susu formula yang beredar secara resmi di suatu negara kandungan gizinya sama. Karena mengikuti standard RDA (Recomendation Dietery Allowence) dalam jumlah kalori, vitamin dan mineral harus sesuai dengan kebutuhan bayi dalam mencapai tumbuh kembang yang optimal. Penggunaan apapun merek susu sapi formula yang sesuai kondisi dan usia anak selama tidak menimbulkan gangguan fungsi tubuh adalah susu yang terbaik untuk anak tersebut.

    Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

    Dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

    Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

    ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

    Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

    Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

    Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

    Jadi pilih ASI atau sufor…? :-)

    Anda juga bisa baca artikel berikut:

    http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

  63. mama fakhri June 30, 2010 at 9:29 am #

    dear tips bayi,mau tanya apakah bayi umur 9 bulan boleh dikasih telur rebus setengah matang,kata ibu mertua saya bagus biar kuat tapi saya takutnya ada bakteri klo cuma setengah matang,thanks yach.

  64. Yepe June 29, 2010 at 6:29 am #

    Pup anak saya selalu berwarna hijau sudah beberapa minggu ini..yg saya baca karena sufornya mengandung laktosa tinggi tp rendah lemak..sufor dengan kandungan seperti itu tidak bagus??bagaimana kandungan yg bagus untuk bayi?

  65. Yepe June 29, 2010 at 6:27 am #

    Mau tanya ..udh beberapa bulan ini bayi saya pupnya ijo seperti alpukat..lekat gitu..td sepintas saya baca sufornya mengandung laktosa tinggi tapi rendah lemak..kandungan sufor apa yg bagus untuk bayi?? pantas anak saya gemuk..dia baru berusia 5 bulan sudah 8.5 kg…

  66. tipsbayi June 28, 2010 at 2:13 am #

    APRIL:

    Nggak apa-apa.. ;-)
    Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

    * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
    * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
    * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
    * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
    * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

    Jika setiap kali Anda mencoba menyuapkan makanan kepada si kecil dan lidahnya terus mendorong makanan tersebut keluar, berarti dia belum siap diberi MPASI. Kalau begitu, jangan dipaksa… ;-)

    Untuk MPASI-nya selain biskuit Anda bisa memberikan
    - bubur susu, susunya bagusnya ASI
    - Sereal yang dicampur dengan ASI/sufor
    - Pure pisang
    - Pure kentang
    - Pure apel
    - Pure wortel
    *untuk pure bagusnya dicampur dengan ASI agar BB bayi Anda stabil

  67. tipsbayi June 28, 2010 at 1:59 am #

    nita:

    Warna hijau termasuk normal tetapi tidak boleh terus-menerus muncul. Hijau karena berarti cara ibu memberikan ASI kurang tepat/belum benar (yang terhisap oleh bayi hanya foremik saja), dimana sibayi selalu mengisap ASI depan terlebih dahulu yang mempunyai kandungan gula & laktosa tapi rendah lemak yang membuat bayi cepat lapar kembali & ASI belakang yang mengandung banyak lemak akan terhisap setelah foremik habis, padahal hidmik (ASI belakang) inilah yang membuat feses bayi menjadi kuning. Atau apabila bayi Anda minum sufor berarti sufor yang bayi Anda konsumsi mempunyai kandungan gula & laktosa tinggi tapi rendah lemak..

    Menu makannya sudah bagus tinggal jadwal dan porsinya Anda tingkatkan secara bertahap.. Anda bisa menambah jadwal 1 kali lagi dan berikan jadwal makan buah secara terpisah.. ;-)

  68. tipsbayi June 28, 2010 at 1:49 am #

    ninin riza:

    Bisul dapat disebabkan oleh banyak hal, antara lain alergi terhadap protein pada makanan tertentu, ketidakseimbangan hormonal, dan invasi bakteri ke jaringan kulit. Kemungkinan adanya peran alergi dalam kasus ini tak dapat disingkirkan. Anda bisa mencoba ganti sufor atau bahan dasar MPASI-nya kemungkinan besar ini merupakan proses alergi..

    Untuk lebih jelasnya sebaiknya Anda bawa bayi Anda ke DSA agar bisa diperiksa dan mendapat diagnosa dengan tepat.. ;-)

  69. tipsbayi June 26, 2010 at 7:01 am #

    nurul:

    Anda bisa membuat bubur jagung:

    Kerok 3 buah jagung muda, rebus dengan air anas hingga lunak bersamaan dengan ikan laut, masukan larutan susu formula, rebus hingga lunak, blender setelah matang. Saring untuk membuang kulit-kulitnya..

    Selamat mencoba.. ;-)

  70. APRIL June 25, 2010 at 4:53 am #

    anaku umur 5 bulan 14 hari, kemarin dokter dah nyuruh coba dikasih biskuit diencerkan bwt percobaan, emang nggak pa pa ya?

  71. nita June 22, 2010 at 12:58 pm #

    Anak saya sekarang sudah 6bln 14hr. Jika anak saya BAB pasti selalu hijau.apa itu tidak apa2? Saya sudah memberinya MPASI, tp skala pemberiannya baru 1x sehari. Dan biasanya saya berikan bubur dgn kentang,wortel,atau kacang hijau.

  72. ninin riza June 16, 2010 at 9:33 am #

    Bayi saya sampai usia 6 bln tidak pernah ada mslh, tetapi menginjak usia 7 bln bayi saya sering bisulan di kepala, ini disebabkan oleh apa ya, apa itu terjadi setelah ganti susu tahap 2 dan diber MPASI ? mohon sarannya, terimakasih.

  73. nurul June 13, 2010 at 3:49 am #

    pagi ibu2 gmn cara mask jagung muda klo dicampur dengan ikan laut ,saat ini anak saya baru berumaur 8bulan.dari nurul pekalongan

  74. tipsbayi May 24, 2010 at 6:47 am #

    Ummu Syafiq:

    Ada kemungkinan bayi Anda alergi bahan dasar MPASI yang Anda buat atau sufornya. Solusi, Anda bisa mengganti bahan dasarnya dengan jenis yang lain dengan campuran ASI. Berikan .

    Sebenarnya tetap saja lebih bagus apabila makanannya buatan Anda sendiri, karena apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

    Buatlah pola makan yang baik.. Perbanyak menu makanan yang mengandung serat. Pilihlah menu dengan buah dan sayuran. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan 5 porsi kecil (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

    Usaha lain yang bisa Anda lakukan apabila bayi Anda sembelit..
    * Berikan bayi Anda lebih banyak ASI atau Anda juga dapat memiberikan jus pepaya
    * Bantulah bayi Anda dengan melakukan olahraga kecil, dengan cara menekuk lutut bayi kearah perutnya secara lembut beberapa kali, yang akan membantu untuk mengeluarkan feses
    * Mandikan dengan air hangat.
    * Oleskan baby oil di daerah sekitar anus bayi.

  75. Ummu Syafiq May 18, 2010 at 1:11 pm #

    mohon infonya bu…wkt 6 bln udah dikenalkan MPASI buatan sendiri dan bayi saya mangalami sembelit 10 hari.setelah saya periksakan ke dokter,dokter mnyuruh menghentikan sementara MPASI buatan sendiri dan diberi suplemen resep dokter..alhamdulillah sembuh.kmdn sy ganti dgn MPASI yg dijual ditoko2.setelah bayi sy berusia 8 bln sy coba lagi memberinya dgn MPASI buatan sendiri dgn resep yg ada diinternet.tp udah 2 hari ini blm BAB.sy khawatir bayi saya sembelit lagi.kira2 bgm solusinya??terima kasih.

  76. tipsbayi May 10, 2010 at 5:36 am #

    Jenny – Makasar:

    Penanganan yang paling efektif untuk biang keringat adalah mengurangi faktor penyebab produksi keringat yang berlebihan.

    Biang keringat ini biasa terjadi akibat tersumbatnya kelenjar keringat, jadi solusinya:
    * Mandi secara teratur dan keringkan dengan handuk lembut.
    * Ketika berkeringat, seka badan dengan lap basah dan keringkan kembali dengan handuk kering.
    * Gunakan baju yang berbahan katun dan nyaman dipakai (tidak terlalu sempit), untuk mengurangi panas.
    * Jagalah ventilasi ruangan, agar pertukaran udara berlangsung lancar dan lebih sejuk.

    Bila telah terjadi lecet usahakan selalu lecetnya kering jangan dibiarkan basah, lap bagian yang lecet dengan cara ditempel perlahan dengan handuk lembut yang kering bukan di gosok.. Semoga lekas sembuh.. ;-)

    Bayi Anda susah tidur malam.. Jangan khawatir itu NORMAL.. Karena bayi Anda belum menemukan pola tidur yang pas.. Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh, pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

  77. tipsbayi May 10, 2010 at 4:54 am #

    Annisya setiawan:

    Intinya untuk pemberian makanan pada bayi Anda, lakukan dengan cara bertahap yaitu teksturnya dirubah dari encer sampai padat.. Apakah bayi Anda sudah lama mendapatkan tim saring? Idealnya pemberian tim pada usia bayi 9 bulan sampai 12 bulan..

    Adapun untuk pertumbuhan gigi, Anda jangan khawatir karena setiap bayi pertumbuhannya tidak akan sama karena bersifat individual. Apabila sampai usia 14 bulan belum menunjukan tumbuh gigi maka Anda bisa konsultasi dengan DSA.. ;-)

  78. Jenny - Makasar May 10, 2010 at 4:04 am #

    Bayi saya baru berusia 4 bln 15 hr. Semenjak kami pindah k mksar 3 minggu ini, d daerah punggung, tangan dan maaf pantat bayi saya bnyk timbul bercak2 merah. Sblumnya kami d Tapanuli yg jelas daerah dingin tdk pernah timbul bercak merah tsbt. Kata dokter, itu akibat biang keringat, sdh kasi bedak salicyl tp ngk ngaruh. Tlg tips beri saran utk menghilangkan bercak merah tsbt dan bag mencegahnya timbul lg. Oh ya satu lg, bayi saya agk susah tdur klo malam tp klo pagi dan siang hr bs tdur, apakah ada cara agar d malam hr bayi saya bs tdur nyenyak? Trimakasih bnyk.

  79. Annisya setiawan May 7, 2010 at 8:04 am #

    Anak saya dh umur 8bln tp blm jg tumbuh gigi,skrg sy dh mlai memberinya nasi tim.. Kira2 dh blh g y sy ksh nasi tim secr gi2nya blm tumbuh..????

  80. tipsbayi May 6, 2010 at 1:59 am #

    dessy atmaja:

    Anda bisa membiasakan dengan memberikan camilan padat seperti puding, kue mangkuk atau biskuit agar bayi Anda terlatih untuk belajar mengunyah..

    Anda rubah teksturnya secara bertahap dan perlahan.. Langkah pertama meskipun tetap disaring Anda rubah sedikit kekentalannya, dan seterusnya hingga bayi Anda siap dengan tekstur yang lebih padat..

    Untuk menghindari agar tidak tersedak, suapi bayi Anda dengan posisi duduk jangan berbaring.. ;-)

  81. dessy atmaja May 3, 2010 at 6:28 pm #

    mohon saran,…anakku sekarang usia 11 bln,..tp makanan masih di saring,..kl aku g saring dia suka mau muntah,..aq takut ketelak,…mohon saran baiknya step apa dulu agar dia bisa lanjut ke makanan diatas saring,…dan anakku sk kesedah keluar dari mulut dan hidung,..penyebabnya apa dan bahaya gak ya,..trmksh

  82. tipsbayi May 1, 2010 at 1:37 am #

    ratna wijayanti:

    Untuk MPASI-nya Anda bisa memberikan
    - bubur susu, susunya bagusnya ASI
    - Sereal yang dicampur dengan ASI/sufor
    - Pure pisang
    - Pure kentang
    - Pure apel
    - Pure wortel
    *untuk pure bagusnya dicampur dengan ASI agar BB bayi Anda stabil

    Berikut ini contoh jadwal pemberian MPASI untuk bayi yang bisa Anda ikuti:
    (jadwal ini adalah untuk bayi berusia 6-9 bulan dan diterapkan secara bertahap)

    Pukul 06.00 (bangun tidur)
    ASI/PASI

    Pukul 08.00 (makan pagi)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 10.00
    Buah segar/ biskuit

    Pkl. 12.00 (makan siang)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 14.00 (sebelum tidur siang)
    ASI/PASI

    Pkl. 16.00
    Buah segar/ biskuit

    Pkl. 18.00 (makan malam)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 21.00
    ASI/PASI

    Selamat mencoba..

    Untuk takaran makan berikan sesuai kesiapan dan berikan dengan bertahap.. ASI bisa sesuai permintaan bayi Anda.. ;-)

  83. ratna wijayanti April 29, 2010 at 4:04 am #

    Anaku bru berumur 6 bln,bru beberapa hari ak kasih MPASi.Tp terus terang ak bingung makanan ap yg baek untuk bayi usia 6 bln.Terus mohon dijelaskan berapa kali harus d kasih makan sehari?

  84. tipsbayi April 22, 2010 at 6:12 am #

    inda sofyana:

    Usia keponakan Anda sudah 9 bulan maka makanan yang cocok adalah nasi tim atau makanan yang hampir sama kelembekannya dengan nasi tim. Adapun apabila memang keponakan Anda belum bisa makan makanan yang teksturnya seperti nasi tim, maka berikan saja dulu makanan yang sesuai dengan kesiapannya. Lalu secara bertahap rubahlah tekstur makanannya.. ;-)

  85. tipsbayi April 22, 2010 at 6:04 am #

    Solika:

    Pemberian nutrisinya sudah bagus. Anda jangan khawatir, masih NORMAL apabila setelah bayi Anda mendapatkan MPASI, frekuensi BAB bayi Anda bertambah. Prinsip sederhananya “pengeluaran bagaimana pemasukan”

    Seiring dengan bertambahnya usia maka pola BAB bayi Anda akan berubah.. ;-)

  86. tipsbayi April 22, 2010 at 5:57 am #

    westy agrawanty:

    Mentega atau butter.. Di pasaran ada 2 jenis butter, yaitu yang salted (asin) dan unsalted (tawar). JADI.. sebaiknya pilih butter yang unsalted (tawar) saja, lebih aman.. Bahkan sering tingkat asinnya itu tidak sama meski merek butter-nya sama.. ;-)

  87. inda sofyana April 20, 2010 at 9:14 am #

    tips bayi,,,
    saya mMpnyai kponakan berumur 9bl,,dia kalo dikasih mknan yg agak kasar lalu batuk,,dia pasti langsung muntah..kira2 mknan apa yg cocok utk dia..terima kasih atas bantuannya…

  88. Solika April 19, 2010 at 5:13 am #

    Dear Tips Bayi,
    Saat ini bayiku umr 6 bln 19 hr, sudah saya kasih MPASI sejak umur 6 bulan. Untuk Buburnya saya pakai beras merah + sayuran/ buah, belum saya campur dengan daging2an. Tapi semenjak saya kasih makan 3x sehari BAB-nya juga jadi 3x sehari juga. BAb-nya tidak cair normal spt biasa, Tapi apa ini wajar atau masih dalam batas normal. Dulu waktu masih minum susu, tiap hari dia BAB sekali dan rutin umumnya tiap pagi. Sekarang Bangun tidur pagi BAB, habis makan siang BAB lagi, trus malam juga BAB. Apakah ada masalah dengan pencernaannya? Mohon bantuan dan sarannya. terima kasih

  89. westy agrawanty April 15, 2010 at 10:41 am #

    pemberian mpasix blm ckp 2mgu, nti deh ku coba kalo udh 2mgu..
    Tips, nanya lg neh.. aku prnh bc kalo d bubur bayi bs ditmbhkn mentega/margarin u/menambah kebthan lemakx.. Tp ku liat kandungn margarin yg ad d pasarn, ad garamx ya.. Aman gak ntuk bayiku?
    Makash sblmx tips

  90. tipsbayi April 14, 2010 at 4:53 am #

    westy agrawanty:

    Sejak usia berapa bayi Anda mendapat MPASI? Apabila sudah sekita 2 minggu sebenarnya bila Anda ingin memberikan protein hewani pada bayi Anda sudah boleh kok.. Anda bisa berikan dengan bertahap, untuk perkenalan bisa diberikan sedikit dulu sambil melihat reaksi dari pengaruh makanan barunya.. Anda bisa melanjutkan pemberiannya setelah bisa dipastikan tidak ada tanda-tanda alergi.. ;-)

    Khusus untuk ikan laut memang banyak yang menganjurkan setelah bayi menginjak usia 8 bulan..

  91. westy agrawanty April 14, 2010 at 2:42 am #

    tips, umur brp bayi bs dks protein hewani? Soalx prnh ku baca kalo anak siap u/protein nti umur 7bln.
    Skrg anakku umur 6bln 5hr, bru ku ksi sayur d buburx n buah aj..
    Tks..

  92. tipsbayi April 13, 2010 at 12:54 am #

    mama ikhwan:

    Anda bisa mengganti bubur beras dengan: bubur jagung, bubur kentang, bubur cornflake atau havermouth, bubur labu parang..

    Insya Allah pengaruh pada pertumbuhannya justru akan lebih baik dengan memfariasikan sumber makanan yang berlainan karena lebih kaya gizi.. ;-)

    Cara membuatnya pada prinsipnya sama, contoh:
    Bubur Jagung:
    - 3 buah jagung muda ukuran kecil
    - 30 cc ASI atau larutan susu formula

    Kerok jagung muda rebus dengan air panas hingga lunak campurkan ASI larutan susu, haluskan dengan blender. Karena ini bubur jagung maka kita perlu menyaringnya untuk membuang kulit-kulitnya. Untuk bahan lain caranya sama.. Selamat mencoba.. ;-)

  93. mama ikhwan April 10, 2010 at 4:40 am #

    hai tips ikhwan umur 8bulan 10hari dh punya gigi 5.tp kok g mau bubur yg agak kasar.ikhwan juga g mau bubur dr beras.gmn ya tips?beras bs g diganti bahan yg laen tp kandungan gizinya sama dgn beras.pengaruh g dgn pertumbuhannya?

Leave a Reply