Resep Makanan Bayi 6-8 Bulan: Beras Merah dan Ayam

Bahan:

  • 50 gram beras merah
  • 50 gram kacang merah
  • 450 ml air
  • 2 lembar daun salam
  • 100 gram ayam giling
  • 1 buah tomat – dicincang halus
  • 50 gram bayam merah – dicincang halus
  • 50 gram wortel – diparut halus
  • 2 siung bawang putih – dicincang halus
  • 1 sendok makan daun seledri cincang
  • 1/2 sendok makan keju parut (sebagai ganti garam)

Cara membuat:

  1. Rebus beras merah, kacang merah, daun salam, dan air sampai beras mengembang
  2. Masukkan ayam giling & tomat
  3. Masak lagi sambil ditekan-tekan, agar lembut
  4. Tambahkan bayam, wortel, bawang putih, keju, dan seledri
  5. Aduk hingga matang. Angkat dan sajikan hangat

Untuk: 3 porsi

Artikel yang berhubungan:

  1. Resep Makanan Bayi 6-8 Bulan: Bubur Kentang Ati
  2. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Ayam dan Keju
  3. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Telur
  4. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Kentang
  5. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Ikan Teri
  6. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Daging
  7. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Ati Sapi

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

206 Responses to Resep Makanan Bayi 6-8 Bulan: Beras Merah dan Ayam

  1. konsultasi dokter gigi November 26, 2013 at 8:47 pm #

    Wonderful items from you, man. I’ve take into account your stuff prior to and you’re simply too magnificent. I actually like what you have got here, certainly like what you are saying and the way in which you assert it. You’re making it entertaining and you continue to take care of to stay it sensible. I can not wait to read far more from you. That is really a great web site.

    • tips-bayi November 28, 2013 at 4:14 am #

      konsultasi dokter gigi,

      Thanks.. :)

  2. hilda May 12, 2013 at 2:25 pm #

    Hallo.. sy mama zaviera mw menanyakan kombinasi makanan yg sy berikan untuk zaviera setiap harinya.. karena sy bekerja jd sy hanya membuat menu yg sama untuk pagi siang dan sore adalah beras merah,kabocha kuning,kentang,brokoli dan pisang,semua di rebus kecuali pisang,lalu di mix terus di blender. Apakah sudah memenuhi syarat gizi dgn usia 1 th. Mohon jawabannya. Terima kasih

    • tips-bayi May 22, 2013 at 3:37 am #

      hilda,

      Cukup bagus juga.. dan akan lebih bagus lagi jika salah satu sumber karbohidratnya di ganti dengan sumber protein hewani. Bunda bisa memilih fariasi makanan bayi di:

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

      Penting juga untuk mencicipi rasa makanan bayi kita, karena kalau terlalu banyak bahan dimasukan.. nantinya rasa akan aneh, jangankan bayi kita.. kita saja merasa enek ya Bun.. ;-)

  3. mira October 1, 2012 at 1:00 pm #

    dear tips
    maaf lupa menambahkan, asi masi jalan terus sampai skarang, dan terkadang saya beri susu formula (jarang sekali, seminggu hanya 4x) jika stok asi saya habis n saya harus kuliah

    • tips-bayi October 4, 2012 at 2:15 am #

      mira,

      Ya.. Bagus.. Pertahankan pemberian ASI sampai bayi Anda berusia 2 -2,5 tahun. Sufor kadang-kadang ya..? Hati-hati jangan terlalu lama diselangi sufor nantinya produksi ASI Anda menurun. Susukan terus ASI.. Ingat.. produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Yang tidak kalah pentingnya : Anda harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun..

      Jika Anda kuliah, Anda perah ASI Anda kan..? Pertahankan seperti itu.. :-)

  4. mira October 1, 2012 at 12:53 pm #

    dear tips…
    saya mira, anak saya sekarang berumur 6 bulan 20 hari. saya ingin bertanya, sudah bolehkah anak saya diberikan tahu,tempe,daging ayam,daging sapi,bayam,brokoli,wortel?
    sejak anak saya masuk 6 bulan, saya hanya kasi puree bubur beras atau ubi merah, puree sayur (labu,buncis) dan puree buah (semangka,melon,alpukat)… tp berat badannya kok nambahnya sedikit sekali ya (sekarang masi 7,5 kg)…
    saya sungguh khawatir…saya mulai berpikir utk memberikan outmeal impor, tp saya pun ragu… terimakasih banyak utk jawabannya ya tips…

    • tips-bayi October 4, 2012 at 2:10 am #

      mira,

      BB bayi Anda cukup bagus 95% berat ideal BB bayi Indonesia..

      Anda sudah boleh memberikan kaldu ayam/daging, hati ayam, keju, tahu, tempe, bayam, brokoli dan wortel. Berikan dengan terpola.. tingkatkan tekstur dengan bertahap. Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain.. :-)

  5. mama masayu July 24, 2012 at 1:32 pm #

    dear tips, mw tny ni masayu umr ny 6 bln 10 hr, sjak usia ny 6 bln masayu d bri mkn bu2r instan. Tp hny sbntr aja. Trs q cb nasi lmbek q saring mnjd bu2r. Utk tmbhnya kaldu ceker/wrtel/ikan/byam. Dia suka tp klu d cmpur ikn dia menolak. Jdwal mkn ny pagi bubur instan, siang bu2r nasi buatn sndri, sore buah pisang 1 atw alpukat, mlm sktr jm 7 bu2r nasi lg. Apa ga’ kbnykn mkn ny ? Tp porsinya cm sdkt, krn masayu cpt mrsa knyang. Tp akhr2 ini BAB ny sring keras, apa aq slh ksh mpasi ny ya ? Mhon jwbn ny n’ solusi nya ya tips.

    • tips-bayi August 22, 2012 at 7:32 am #

      @ mama masayu,

      Coba Anda berikan makanan yang lebih cair pada Masayu.
      Apakah beras merahnya Anda sangrai dulu..? Karena kalau tepungnya mentah bisa juga memicu BAB keras..

      Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian) Buat rasanya mendekati rasa ASI

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Anda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan.. ;-)

      Perkenalkan MPASI secara bertahap..

      Berikut contoh jadwal makan dan minum susu bayi USIA 6- 8 BULAN :

      05.00 – 06.00 ASI – SUSU 150-180 CC (lebih baik ASI)
      08.00 BUBUR SUSU 6-9 SENDOK MAKAN (SDM)
      11.00 JUICE ATAU BUAH 75-125 CC, 6-8 SDM
      13.00 NASI TIM SARING 6-8 SDM
      15.00 ASI- 150-180 CC
      16.00 BUBUR SUSU/ BISKUIT 1-3 KEPING
      18.00 BUBUR SUSU, USIA 7 BULAN DIGANTI NASI TIM SARING 6-8 SDM
      21.00 – 22.00 ASI 150-180 CC
      22.00 – 06.00 UNTUK BAYI YANG DIBERI SUFOR : BILA BERAT BADAN NORMAL DAN JUMLAH MINUM SUSU SIANG HARI BANYAK (120-180) CC TIAP MNUM) SEBAIKNYA MALAM HARI TIDAK MINUM SUSU BILA BERAT BADAN KURANG, MINUM SUSU SIANG SEDIKIT (120 CC TIAP MINUM SUSU), DIANJURKAN MINUM SUSU MALAM HARI 2-3 KALI.. ;-)

      Perbanyak menu makanan yang mengandung serat. Pilihlah menu dengan buah dan sayuran. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi Anda dianjurkan 5 porsi kecil setiap hari (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

  6. mama danis June 11, 2012 at 2:21 pm #

    dear tips,,,
    Tolong bantu saya,anakku danis 9m1w,gak mau makan,maknnya cuma mau pagi aj,disaat bangun tdur aj,itu aj cuma 5sendok makan dia,selanjutnya g mau makan,kalo dikasih makan mulutnya dikonci rapat,tp kalo air dia mau,solusinya dong tips.danis bb 7,4,thx b4

    • tips-bayi June 12, 2012 at 8:18 am #

      @ mama danis,

      Susah makan ya..? Bayi Anda sudah bisa memegang sendiri dan mengunyah bisa mulai diperkenalkan ‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil dan sayuran rebus..

      Selain memberikan menu yang variatif .. Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan anak Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi anak Anda..

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Anda akan berterima kasih suatu hari nanti !

  7. Bunda Phoenix April 13, 2012 at 7:31 am #

    alow tips bayi, mw minta saran nih. phoenix udah umur 6,5 bulan, makannya udah bubur tim saring bikinan sendiri 3x sehari (jam 8 pagi, jam 1 siang dan jam 8 malam). apakah jadwal makan itu kebanyakan? tp kalau dia gak dikasih makan malam, dia jd gak isa tidur. trus phoenix paling susah kalau disuruh makan buah, karena dia tidak suka yg rasanya manis. udah saya coba mulai dari pisang, pepaya, pear kukus, apel kukus, ataupun yg dibuat jus dia ttp aja gak mau. bagaimana cara mensiasati supaya dia doyan sama buah ya??

    • tips-bayi April 19, 2012 at 3:58 am #

      @ Bunda Phoenix

      Tim saringnya sudah bagus.. bisa berfariasi.. Tidak mau makan buah ya..? Untuk sementara tidak mengapa.. Yang penting ASI masih kan..? ;-)

      Agar bayi Anda suka buah.. Selain dengan cara terus DIBIASAKAN, Anda juga bisa membuat fariasi MPASI nya dengan rasa buah dan apabila bayi Ada sudah bisa memegang dan sudah mulai belajar mengunyah Anda juga bisa mulai memberikan ‘finger food’ sayuran kukus atau potongan buah..

  8. agus ayah khanza April 12, 2012 at 3:49 am #

    khanza baru aja tgl 10 april usia 6bln…,baru dikasih beras merah yg dibuat sendiri menjadi tepung…tpi kko susah makannya…apa rasa tepung beras merah yg sudah dibuat tepung sendiri itu rasanya asem…tks

    • tips-bayi April 19, 2012 at 2:19 am #

      @ agus ayah khanza,

      Untuk makanan pertamanya sebaiknya bubur susu atau pure buatan Anda sendiri.. ;-)
      Usahakan rasanya tidak terlalu jauh dari rasa makanan pokok sebelumnya ASI.. Maka sebaiknya jadikan ASI sebagai campuran MPASI-nya..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      Berikan MPASI sebagai perkenalan 1 kali ,lalu tingkatkan bertahap dengan menambah porsi dan waktu, sesuai dengan kesiapan bayi Anda. Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Anda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

  9. agus ayah khanza April 12, 2012 at 3:46 am #

    mau tanya dong kalo rasa beras merah yg sudah di bikin tepung ko rada aem ya

    • tips-bayi April 19, 2012 at 2:13 am #

      @ agus ayah khanza,

      Apa berasnya disangrai dulu..?
      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring.. ;-)

      Penting untuk menyimpan di tempat kering dan kedap udara..

  10. Fanty April 5, 2012 at 11:05 am #

    Tips mw tanya dunk….ank ku Dennis usianya 6,5 bln skrg lagi coba kasih makan beras merah.Apakah boleh memberi makan beras merah setiap hari????kn beras merah seratnya tinggi, apa nanti tidak ada masalah dgn pencernaannya…Thanx

    • tips-bayi April 9, 2012 at 3:29 am #

      @ Fanty,

      Meskipun boleh saja Anda berikan setiap hari, tapi untuk menjaga agar bayi Anda tidak cepat bosan dan agar asupan gizi lebih lengkap maka sebaiknya difariasikan. Anda bisa mengganti dengan bahan dasar lain pada hari berikutnya atau pada hari yang sama.. ;-)

  11. ibu'e latifa February 26, 2012 at 10:58 am #

    dear tip’s
    aku baru coba bikin biskuit u/ latifa (usia 8 bulan) bhn gasol ubi+maizena+ unsalted margarine filma( maaf sebut merk) +air jeruk+apel pas di oven kok g’ bisa renyah ya , malah kayak mlempem,aku takunya baelum matang, gmn ya tips bikin biskuit bayi yang renyah dan aman buat latifa

    • tips-bayi May 18, 2012 at 12:56 pm #

      @ ibu’e latifa,

      Mohon maaf ni.. baru balas .. ;-)

      Mungkin resep biskuit yang Anda buat teksturnya memang tidak garing tapi sedikit kaya melempem, tapi biskuitnya lumer dimulut.. ;-)

      Anda bisa mencoba resep dibawah ini ..

      Bahan:: Mentega unsalted 120 g, Oatmeal blender 75 g, Pisang 1-2 buah (kl mau lbh manis pake 2 bh), Tepung beras putih 210 g.
      Cara : aduk semua bahan jadi satu. Kalo agak keras tambah minyak sayur sedikit sampai agak empuk.. Bentuk2 pake cookie cutter, trus oven 180 der. Oya kalau anaknya diatas 8 bln oatmealnya ga usah diblender lagi, buat latihan ngunyah juga. Selamat mencoba .. ;-)

  12. yanti February 15, 2012 at 2:56 am #

    tips…
    bayiku 6m3w saya kasi makan bubur beras merah dicampur apel,, selalu mau muntah gt,,, jd saya cuma bisa kasi 1 sdm aja, karena takut muntah beneran… gmn ya tips biar dia suka bubur beras merahnya,,,

    makasih tips,,,

    • tips-bayi February 23, 2012 at 3:27 am #

      @ yanti,

      Makanannya sudah Anda cicipi..? enak..? :-)

      Hmm.. sebaiknya Anda memperkenalkan makanan baru pada bayi Anda dengan bertahap, jangan sampai membuat bayi Anda menjadi kaget dengan rasa makanan barunya.. Jika ingin Anda campurkan makanan rasa apel.. sebelumnya Anda harus sudah pernah mengenalkan apel pada bayi Anda.. Pertama-tama buatlah buburnya lebih cair, dan rasanya jangan terlalu jauh dengan makanan pokok sebelumnya yaitu rasa ASI. Maka berikan campuran ASI-nya pada makanan bayi Anda lebih banyak dari biasanya..

      Bagaimana dengan posisinya..?
      Sering ibu menyusui sambil tiduran dengan posisi miring sementara si bayi tidur telentang. Akibatnya, cairan tersebut tidak masuk ke saluran pencernaan, tapi ke saluran nafas. Bayi pun muntah. Karena itu, kalau menyusui, posisi bayi dimiringkan. Begitu juga ketika memberi makan kepalanya harus lebih tinggi dari kaki sehingga membentuk sudut 45 derajat. Jadi cairan atau makanan yang masuk bisa turun langsung ke bawah.. ;-)

  13. mama Rafi February 3, 2012 at 6:33 am #

    bayiku menginjak usia 8 bulan.dia suka makan ,apalgi kalau sy buatkan makanan dari resep tips bayi.tapi sy tiap x buat makanan bayi sy ksh garam n gula sdkt.apakah itu boleh.karena kalau tdk saya ksh grm n gula.bayiku tdk mau makan.mesti d keluarkan makanannya.makasih infonya,

    • tips-bayi February 8, 2012 at 3:53 am #

      @ mama Rafi,

      Hmm.. Rafi sudah tau rasa makanan yang enak ya.. ? ;-)

      Sebenarnya Anda bisa memberikan rasa asin dengan selain garam lho.. juga manis bukan dengan manis gula..
      Rasa asinnya dengan keju.. dan rasa manisnya dengan buah-buahan..

  14. Ratih January 16, 2012 at 2:23 am #

    Hai Tips, bayiku umur 8 bln, apakah sudah boleh makan keju yg dicampurin sama bubur beras? keju kan bnyk mengandung garam, berapa banyak keju yang boleh dikonsumsi per hari? makasih informasinya.

    • tips-bayi January 19, 2012 at 2:10 am #

      @ Ratih,

      Usia 8 bulan sudah boleh Anda berikan keju pada makanannya..

      Hanya sebagai sedikit panduan, pada umumnya untuk bayi ada 3 jenis keju yang bisa dan aman dikonsumsi, yaitu keju jenis Ricotta, Cheddar dan Cream. Nah dari ketiga jenis ini yang paling rendah kadar garamnya dan paling tinggi proteinnya adalah keju jenis Ricotta. Kedua keju jenis cream, dan terakhir alias yang paling banyak kandungan garamnya adalah keju jenis cheddar..

      Anda boleh memberikan keju ricotta khusus untuk bayi.. ;-)

      Untuk lebih mengetahui bagaimana pemberian keju untuk bayi, maka Anda bisa membaca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/pemberian-keju-untuk-bayi-boleh-tidak.html

      Anda boleh berikan keju maksimal 2 lembar dalam satu hari..

      Semoga bermanfaat.. ;-)

  15. elysia December 28, 2011 at 12:17 am #

    Hai tips kok tak bls,boleh gak ya klo campurkan susu bubuk ke dlm bubur tnpa di encerin dulu,

  16. elysia December 27, 2011 at 10:24 am #

    Hai tips,sya ?áû tnya ank syg mkn bubur beras merah cmpur wortel+kentang,trus klo ?áû dicampur susu formula itu susunya di encerin dulu pkai air apa lngsung dicmpur kebubur ya,soalnya klo diencerin pkai air dlu kan buburnya jdi encer,tpi klo lngsung dicampur boleh ga ya ,tq

    • tips-bayi January 4, 2012 at 2:31 am #

      @ elysia,

      Langsung dicampur ke dalam MPASI ketika Anda memasaknya boleh juga.. Anda bisa tuangkan diakhir-akhir proses.. aduklah dengan rata.. campurkan sesuai dengan takaran yang dikehendaki..

      Tapi jika Anda ingin mencampurnya dengan cara dilarutkan dengan air, maka Anda membuat MPASI-nya harus agak kental.. ;-)

      Biasanya jika Anda membuat MPASI dengan jumlah yang banyak dan disimpan di lemari es, maka buburnya akan lebih kental dan cocok jika dicampur dengan susu yang dilarutkan dengan air..

  17. ummi adzki December 1, 2011 at 3:32 pm #

    assalamualaikum..salam kenal sist..aq baru gabung nih..uk senen deh bisa ketemu t4 curhat untuk MPASI.
    aq dah khawatir aja nih dari 5 bulan anak ku dah pengen makan jadi aq kasih makanan instan ampe sekarang menjelang 8 bulan. sempet aq kasih bubur saring buatan sendiri tapi anaku malah muntah. kasus ku sama kayak mama sabrina tgl 23 januari sent kesini, aq kerja jadi gak sempet buat sendiri makanan buat dede adzki. kira2 apa yah efek MPASI instan ?? karena hampir 3 bulan anakqu makannya. kira2 jenis sayur atau buah apa aja yang bisa di bikin pure dan disimpan di flizer, klo kyak ayam, daging, ati itu bisa gak disimpan 5 hari di flizer setelah direbus. truz bikin bubur aq langsung nasi gak beras biar praktis gitu gmana sist tak mengurang gizinya kan? sory yah klo banyak tanyanya..thanks

    • tips-bayi December 15, 2011 at 3:26 am #

      @ ummi adzki,

      Wa’alaikumussalam,

      Kasusnya sama dengan mama sabrina ya.. ? Berarti jawabannya sama dong dengan jawaban ke mama sabrina.. ;-)
      Efek MPASI instan.. akan jadi KEENAKAN.. karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet..

      Membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

      Hampir semua makanan bayi Anda bisa di simpan dalam freezer. Hanya untuk makanan yang mengandung nitrat tinggi saja yang dianjurkan untuk disajikan secara fresh misalnya bayam. Silahkan Anda baca artikelnya:

      http://www.tipsbayi.com/nitrat-dalam-sayuran.html

      Penyimpanan daging di dalam lemari pembeku (freezer) di dalam lemari es 1 pintu bisa bertahan selama 2 bulan, sedangkan dalam freezer di lemari es 2 pintu (pintu freezer terpisah) tahan selama 3-4 bulan.

      Dengan catatan selama sebelum penyimpanan daging tersebut diperhatikan kebersihannya..

      Ada baiknya Anda membaca artikel terkait pada link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Jadi.. sebenarnya Anda bisa sekaligus membuat MPASI untuk bayi Anda lho.. Anda bisa membuat bubur untuk beberapa kali makan. Makanan bayi yang sudah dalam bentuk pure (bubur), bisa bertahan dalam freezer hingga 30 hari, paling lama apalagi cuma sampai sore. Cara menyimpannya, Anda bisa menggunakan wadah es batu. Sendokkan pure ke dalam kotak-kotak wadah es batu, lalu tutup dengan menggunakan plastic wrap untuk makanan. Simpan dalam freezer.

      Atau, Anda bisa juga menggunakan toples plastik/kaca sebagai wadahnya. Pure ini bisa bertahan hingga 2 hari dalam kulkas dan hingga 1 bulan dalam freezer. Jangan lupa untuk memberi label yang berisikan informasi bahan makanan dan tanggal kadaluarsa.

      Penyajian

      Untuk menyajikan makanan yang telah disimpan dalam kulkas/freezer, Anda tinggal memanaskannya di atas kompor. Jika Anda ingin menggunakan microwave, Anda tinggal menempatkan kubus-kubus pure ke dalam mangkuk kaca atau keramik, lalu memanaskannya. Pastikan Anda mengaduk pure tersebut hingga betul-betul merata, untuk menghindari berkumpulnya panas hanya pada satu titik makanan. Ini bisa membahayakan bayi Anda.

      Sebelum disajikan, periksa dulu suhu makanan dengan menggunakan sendok bersih dan uji dengan menggunakan bibir Anda. Jika ada makanan yang tersisa, jangan dimasukkan lagi ke dalam freezer ya…

  18. rahmadani October 28, 2011 at 6:10 pm #

    tips…
    gimana sih cara buat kaldu ayam/sapi yg baiknya,thx ya

  19. nadinefarrelasyraf October 23, 2011 at 2:09 am #

    Utk pengganti garam aku biasa pake keju, kira2 takaran buat bayi 6bln 1 lembar keju/hari bisa ga’ ya? Anakku ada riwayat alergi nya, selain brokoli,kentang,wortel bagus nya dikasih apa ya? Ayam/daging/ikan aman gak? Makasih nfonya tips ^_*

    • tipsbayi November 25, 2011 at 3:32 am #

      @ nadinefarrelasyraf,

      Pemberian keju 1 lembar setiap hari bisa dan sudah cukup.. Tapi masalahnya bayi Anda ada riwayat alergi.. Maka biasanya jika alergi sufor maka sudah dipastikan alergi juga terhadap produk-produk turunannya, seperti keju , yoghurt atau makanan lainnya yang mengandung sufor..

      Anda jangan khawatir, kasus alergi susu umumnya akan hilang saat anak berusia satu tahun ke atas atau sudah berusia 15 tahun. Menurut data, sebanyak 56 persen bayi yang se belumnya menderita alergi susu, sudah menjadi toleran ketika berumur satu tahun. Sedangkan pada umur 15 tahun, 95 persen anak sudah tidak menderita alergi susu lagi..

      Masih banyak jenis makanan lain yang bisa Anda berikan untuk menunjang pertumbuhan fisik si kecil. Sayuran bisa diberikan sesuai usia, seperti: oyong, kangkung, brokoli, kembang kol, zukini, dan seterusnya.

      Pilihlah makanan selingan yang dibuat tanpa susu. Atau jika Anda membeli makanan jadi, Anda perlu mengetahui makanan tersebut dibuat dari bahan makanan apa saja. Buah-buahan juga sebaiknya diberikan bervariasi, seperti: pepaya, pisang, jeruk, alpukat, apel, dan lain-lain. Jika si kecil belum bergigi sebaiknya makanan dihaluskan lebih dahulu.

      Telur dan ikan bisa diganti sementara dengan daging, hati ayam, tahu, tempe. Ikan bisa diberikan setelah usia 8 bulan.. ;-)

  20. sundari July 19, 2011 at 8:45 am #

    tips
    kacang merah/kac polong uda boleh untuk bayi 8 bln,
    kedua kacang itu bisa memicu alergi tidak ?
    tips jawabnya sekalian dong dg tgl 15 juli, ditunggu ya, tks

  21. sundari July 15, 2011 at 9:06 am #

    Tips…
    saya buat bubur fathan dengan beras merah, saya rendam dr jam 6 sore sampai
    subuh, apakah kandungan gizinya hilang ? krn pernah saya rendam hanya 6 jam wkt dimasak buburnya hrs lama krn tidak empuk2 , gimana caranya biar tidak terlalu lama direndam, tp cepat matang , thanks

  22. Tenni March 27, 2011 at 9:38 am #

    5hari lagi dennis 6bulan, mo mulai makan..
    Uda aku siapin tepung beras merah bwtan sndr..
    Dennis ASI ekslusif,untuk bikin bubur susunya,perlu ditambah susu lg g ya?
    Aku kepengen pake fresh milk,sbnrnya uda bole blm c?
    Sempet baca,katanya bole asal dipanasin dulu(dimasak bareng tepung bera merahnya) n dicairin pake air dng perbandingan 1:1..
    Bener g ya?
    Trz tadi baca diatas,susu itu lbh baik yg uht..
    Mana c yg lebi baik uht/freshmilk?
    Mohon infonya..
    Tq

  23. Tenni March 27, 2011 at 9:30 am #

    :)

  24. mila March 18, 2011 at 3:56 am #

    bayi boleh makan pas dia udah 6 bulan,maksudnya pas dia br masuk 6 bulan ato 6 bulan jalan mo ke 7 bulan?thx:))

  25. Dewi March 12, 2011 at 1:42 pm #

    Gabung yaa..

  26. poppy March 11, 2011 at 11:41 am #

    tips,
    apa ada hub ibu menyusui mengkonsumsi durian dg asi nya. tq

  27. ningrum February 2, 2011 at 2:08 am #

    tips maw ty ni.kira2 umur brp unsalted butter bole diberikan pada bayi?dan cara pemberiannya bgmn?lgsg dcampurkan dg makanan bayi ato bgmn?makasi sblmnya tips

    • tipsbayi February 9, 2011 at 4:07 am #

      @ ningrum,

      Jika bayi Anda sudah berusia 8 bulan, Anda sudah bisa membubuhkan unsalted butter pada MPASI nya, Anda bubuhkan ketika proses pebuatan MPASI (bukan instan), tentunya jangan terlalu banyak dulu. Dani ingat.. pastikan butter yang unsalted (tawar) saja.. ;-)

  28. Bunda fawwaz December 10, 2010 at 10:06 pm #

    Thx tips info x

  29. Bunda fawwaz December 10, 2010 at 10:03 pm #

    Makasih tips artikelx mbantu bgt

  30. ummu eiliyah October 28, 2010 at 11:46 am #

    eiliyah umurnya menjelang 8 bulan n sudah punya 2 gigi di rahang bawahnya.selama ini makanannya dari bubur tepung organik yang saya beri sufor. saya campur2kan rasanya seperti beras merah dan jagung,kacang merah dan jagung atau kacang hijau dan beras merah.beratnya rata2 naik 400 gr/bln.apa makanan ini sudah cukup bagi dia atau sudah harus beralih ke nasi tim?pisang ambon biasa saya berikan juga.

    • tipsbayi October 29, 2010 at 3:53 am #

      @ ummu eiliyah,

      Tidak terasa usia Eiliyah sudah 8 bulan ya.. Maka selain Anda harus merubah secara perlahan tekstur makanannya, Anda juga harus pintar memfariasikan makanannya agar Eiliyah tidak cepat bosan.. Sebelum ke nasi tim, Anda bisa melalui tahapan makan bubur nasi dulu lalu selanjutnya nasi tim.. ;-)

      Kenaikan berat 400 gr/bln sudah cukup bagus.. Agar berat badan bayi Anda tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.. Pertahankan pemberian ASI.. ;-)

      Anda sudah bisa memberikan pisang ambon atau buah-buahan yang lainnya yang rasanya manis dan teksturnya lembut yang tidak berbau menyengat..

  31. bunda abdillah October 13, 2010 at 2:48 am #

    dear tips baby…
    anak aq umurnya 6 bln setengah,selama ini aq selalu ngasih makan bubur instan,tp saat ini aq mow mencoba masakin bubur sendiri..yg mow aq tanyain,apa bubur yg sudah dimasak boleh hanya diblender sj atau harus dihaluskan lagi di saringan kawat?
    thank’s b-4..

    • tipsbayi October 29, 2010 at 3:46 am #

      @ bunda abdillah,

      Boleh Anda haluskan dengan hanya diblender saja, akan tetapi untuk bahan dasarnya yang mempunyai kulit seperti kacang atau jagung, maka makanan bayi Anda selain diblender Anda juga harus menyaringnya untuk memisahkan kulitnya.. ;-)

  32. tipsbayi October 4, 2010 at 2:54 am #

    @ frrida,

    Hmm… ;-)
    Benar.. Bayi Anda bahkan semua bayi perlu adaptasi untuk menerima makanan barunya.. Hanya saja reaksinya lain-lain..

  33. mami ken2 September 29, 2010 at 4:55 pm #

    Hi tips..?å? nanya donk..baby aq uda 9 bulan kalo aq ksh tim beras merah perlu di saring lg ?ggªk?kan beras merah banyak ampasnya tuh?jd blh ?ggªk langsung di kasih begitu aja..atau perlu di saring lg?? Trs 9 bulan udah blh konsumsi ikan?trs kalo buah2an langsung di makan tanpa di kukus boleh dan aman apa ?ggªk..thanks before ?a tips..

  34. frrida September 26, 2010 at 8:36 am #

    bayi saya skrg berumur 8 bulan kenapa ya waktu saya kasih biscuit yang ngak di haluskan dengan air ,lgsg biskuit dia muntah,apa memang bayi baru pertama kali di kasih makan snack lgsg seperti itu ya tapi kalau di kasih air dan di sendokin dia ngk muntah

  35. tipsbayi September 23, 2010 at 2:10 am #

    @ Mamanya Vando,

    Itu wajar karena sistem pencernaan bayi dan pembentukan enzim pencernaan pun belum sempurna. Itu masih NORMAL..

    Variasikanlah pemberian buahnya, Anda bisa memberikan buah-buahan apa saja yang rasanya manis, teksturnya lembut dan baunya tidak menyengat.. ;-)

  36. tipsbayi September 7, 2010 at 2:45 am #

    @ mama giselle,

    Karena mengandung serat dan lemak lebih tinggi, beras merah butuh waktu lebih lama saat dimasak dibanding beras putih. Makanya biasanya sebelum dimasak, beras merah direndam dulu, tapi cukup hingga sekitar 2 jam…

  37. mama giselle September 2, 2010 at 6:35 am #

    hai tips bayi, saya mo nanya nih…kok beras merah merk g***l saya masak lamaaa sekali? padahal sudah saya rendam 24 jam…dan swaktu saya blender msh ada tersisa yg keras2…apakah salah cara memasaknya?? anak saya umur 7 bulan…makasihh

  38. tipsbayi August 17, 2010 at 6:39 am #

    @ ika,

    Bisa dicoba dan dilihat reaksinya.

  39. ika August 12, 2010 at 2:24 am #

    dear tips,
    babyku 1 minggu lagi berumur 7bln, sejak umur 6 bulan saya beri tepung beras merah.
    menjelang 7 bln ini sebaiknya masih pakai tepung beras merah ato biji beras merah yg dijadikan bubur?

  40. tipsbayi August 11, 2010 at 7:59 am #

    @ mama raka,

    Boleh saja. Mengenai kenyang atau tidak, tentu saja banyaknya juga berpengaruh. Tapi pada dasarnya boleh saja diberikan untuk sarapan. Untuk masukan protein, coba Anda baca komentar kami berikut ini:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/vitamin-dan-mineral-untuk-bayi#comment-5646

  41. mama raka August 11, 2010 at 3:54 am #

    tips ikutan sharing ya..
    Raka skg kan dah umur 11bln. Kl srapan pagi aq kasih pure ubi jepang+wortel blh g?
    Apa itu sdh ckp mengenyangkan u/sarapan?
    Lalu u/mkn siang n sore aq ksh bu2r beras merah tp cmpranny msh hny sayuran cz pnh aq coba pke daging ato sejenisny malah g doyan. Pdhl biar k masukan protein gt gm carany?slaen itu dia msh suka d saring mknanny.. Tlg tips nya ya..trims

  42. tipsbayi August 9, 2010 at 3:40 am #

    Wa’alaikumsalaam Ika,

    Sebaiknya Anda menempatkannya di tempat-tempat kecil dan memasukkannya ke dalam kulkas, kecuali yang akan langsung diberikan kepada bayi Anda.

    Mungkin artikel berikut bisa melengkapi:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri

  43. ika August 4, 2010 at 7:08 am #

    Assalamualaikum tips, ikutan gabung ya.
    untuk tepung gasol beras merah yg sudah dibuat, kira2 bisa tahan berapa jam disuhu ruang? atau harus dimasukkan magicjar?

  44. tipsbayi July 12, 2010 at 3:36 am #

    @ bunda faris

    Maksudnya untuk sekali makan

    @ bunda khansa

    Yang jelas, tidak perlu memberikan gula dan garam pada MPASI. Yang perlu diperhatikan juga adalah kelembutannya. Pastikan si kecil bisa mudah mengunyah dan mencernanya.

    Hindari juga makanan yang serba “terlalu”, seperti terlalu asam, pedas, dsb.

  45. bunda khanza July 11, 2010 at 4:05 am #

    ass…
    slm kenal. q mo tanya jenis makanan pendamping asi apa yg gak boleh diberikan untuk bayi. mksh

  46. maymunah June 22, 2010 at 3:55 am #

    makasih resepnya jadi banyak referensi nih soalnya aku lagi seneng senengnya bikin makanan . baby ku yang baru 6 bulan biar tambah sehat

  47. bunda faris June 16, 2010 at 3:36 pm #

    halo tips, q agak kurang mudeng dg maksud takaran standar makan bayi ; umur 6 bln minim 6sdm, 7 bl diberi minim 7 sdm. maksudnya 7 sdm itu dibagi 2-3xmakan dalam sehari kah….

  48. tipsbayi June 15, 2010 at 2:36 am #

    bundane Jasmine:

    Wa’alaikum Salam,
    Salam kenal kembali.. Untuk bubur bayi apabila sudah matang dan dingin maka setelah itu sisihkan untuk disajikan sesuai takaran yang diinginkan dan sisanya jangan Anda aduk kembali, apabila bubur yang sudah beres dimasak Anda aduk-aduk lagi maka akan cepat cair.. ;-)

    Penambahan porsi makan sesuai permintaan dan kesiapan bayi Anda. Akan tetapi sebagai takaran standar bisa Anda sesuaikan dengan usia. Bayi 6 bulan, minimal diberi 6 sendok makan, 7 bulan 7 sendok makan, begitu seterusnya.. Itu perhitungan minimal, selanjutnya bagaimana permintaan dan kesiapan.. ;-)

  49. bundane Jasmine June 14, 2010 at 8:47 am #

    Assalamualaikum Tips
    Slm kenal. Aku baru gabung nih. Tips mo nanya, bubur beras merah buatanku kok cpt cair ya, apa masaknya kurang matang? padahal tepung beras merahnya dah aku sangrai. Trus penambahan porsi makan kapan dilakukan? untuk info: bayiku skrg 6bln 1 minggu, sdh MPASI sejak umur 4bln 3m minggu. Tq…..

  50. tipsbayi June 11, 2010 at 1:45 am #

    ashfiah:

    Oh ya.. Maaf baru di jawab nih.. ;-)

    Anda coba ganti bahan dasarnya jangan sereal beras, coba yang lain misalnya kentang, ubi, atau sereal gandum..

    Coba Anda pakai susu campurannya ASI, atau ganti sufor campurannya dengan yang lain..

    Buatlah pola makan yang baik.. Perbanyak menu makanan yang mengandung serat. Pilihlah menu dengan buah dan sayuran. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan 5 porsi kecil (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

    Apabila bayi Anda mengkonsumsi sufor, hati-hati untuk penyajian sufor jangan terlalu kental, lebih baik memberikan selalu ASI pada bayi Anda.. ;-)

  51. ashfiah June 10, 2010 at 1:37 pm #

    tips…koq blm dibalas pertanyaanku????

  52. ashfiah May 28, 2010 at 5:18 am #

    tips..aq mw tanya nich..bayiku usia 8.5 bln.wktu 8 bln aq ksh bubur tim buatan sendiri pake beras putih campuran tomat,labu,daging sapi n wortel direbus sampai lembut.kmdn diblender kasar.tp stelah 5 hari bayiku susah BAB.stlh diobati,aq coba pake bubur buatan pabrik..teryata BAB anakku lancar.padhl dlm pembuatan bbur komposisinya aq liat di resep2 bubur makanan bayi buatan sendiri di internet.br 2hari ini aq buat bu2r sendiri pake beras merah ditambah kacang merah.tp skrang blm BAB.aq jd khwatir bayiku sulit BAB lagi..jd bgm ya agr bubur buatan sendiri bisa melancarkan BAB?padhl wktu merebus bhn2 semuanya cukup lama..thks.

  53. tipsbayi May 20, 2010 at 4:44 am #

    ratna wijayanti:

    Bubur sereal buatan sendiri..? Bagus apabila makanannya buatan Anda sendiri, karena apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

    Anda bisa mencoba memberikan bubur nasi, bubur roti, bubur corn flake.. Bisa dengan variasi ayam, daging dan perbanyak menu makanan yang mengandung serat. Pilihlah menu dengan buah dan sayuran. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan 5 porsi kecil (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah.. ;-)

    Untuk Variasi jenis makanannya Anda bisa lihat dan mencobanya di:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/category/makanan-bayi

  54. tipsbayi May 20, 2010 at 4:17 am #

    noni:

    Sudah tumbuh giginya ya.. Memang seharusnya bayi Anda sudah mendapatkan bubur tanpa disaring. Akan tetapi untuk perubahan tekstur harus Anda lakukan dengan bertahap.. ;-)

    Jadi yang penting jadwalnya teratur dan perubahannya bertahap.. Bayi Anda masih mendapatkan ASI kan..?

  55. ratna wijayanti May 17, 2010 at 4:39 pm #

    Hay tips…..Putriku atlantika dah berusia 6,5bln.Slma ini dikasih MPASI dengan bu2r sereal.Kra2 ap dah boleh d kasih nasi saring dengan variasi sayur ato ayam.Mksh untuk jawabanya.

  56. noni May 16, 2010 at 6:59 am #

    tips mau tanya anak saya 8 bulan giginya baru 2 (tumbuhnya 1 bulan yg lalu)tapi sampe sekarang masih saya kasih bubur yg diblender( sampe halus sekali).pertanyaannya apa cara penyajian saya (diblender sampe halus) itu salah mengigngat umurnya yg sudah 8 bulan? thx

  57. tipsbayi April 15, 2010 at 4:40 am #

    deasy:

    Kami setuju kepada pendapat dokter yang kedua, susu bayi Anda tidak perlu dibubuhi gula pasir, biarkan rasanya alami seperti ASI. Untuk mentega, Anda bisa membubuhkannya pada makanan bayi Anda ketika Anda memasaknya. Itupun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak dan carilah mentega yang tawar..

    Adakalanya nafsu makan bayi berkurang.. Selain Anda harus mencari penyebabnya Anda juga harus memvariasikan makanannya,

    Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

    * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

    * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

    * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

    * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda.. :-)

    * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya ..

    * Anda perlu membiasakan melatih bayi Anda makan sendiri untuk melatih motorik halus dan kasarnya juga melatih kemandirian.. Hanya saja tetap perlu pengawasan dari Anda.. ;-)

    Untuk meningkatkan HB caranya antara lain dengan meningkatkan asupan nutrisi yang banyak mengandung zat besi, asam folat, vitamin B12, vitamin B6. Nutrisi-nutrisi ini yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah. Zat-zat tersebut banyak terkandung dalam sayuran, telur dan daging..

  58. deasy April 14, 2010 at 9:14 am #

    oh ya tips,saya lupa,sy pernah juga bawa anak saya di rmk sakit tp dokter disana menyarankan susunya di beri gula pasir dan mentega u/menambah berat badanya,tp sy bawa lg di dokter anak dia blg tdk perlu,,makanya sy bingung yg mana yg seharusnya saya lakukan?????

  59. deasy April 14, 2010 at 9:09 am #

    saya sdh berikan makanan seperti bubur saring yg isinya wortel dan sayur bayam,aalnya sih rafi makannya sgt lahap tp lama kelamaan dia sdh tdk mau makan lagi,,yg sy ingin pertanyakan makanan apa yg bisa menambah berat badan menormalkan HB,krn terakhir saya cek HB nya cmn 4,9 saja,tp rafi sanagt aktif,

    makasih sebelumnya

  60. tipsbayi April 13, 2010 at 3:45 am #

    Ahmad Arayana:

    Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai kemudian baru di blender jangan lupa disaring.. ;-)

  61. tipsbayi April 13, 2010 at 2:08 am #

    westy agrawanty:

    Boleh… Cara mengolahnya bisa direbus sampai lunak atau dipanggang dalam oven. Jangan lupa kulit dan bijinya dibuang.. ;-)

  62. westy agrawanty April 12, 2010 at 2:27 am #

    tips, aku mo tanya lg nih..
    bayi 6 bln sdh bs dks terong (ijo n ungu)?
    Tks

  63. tipsbayi April 10, 2010 at 4:31 am #

    mami cherish:

    Hmm.. Anda coba fariasikan ayam atau dagingnya dengan sayuran. Dan memang sebaiknya Anda memberikan selalu makanan dengan menu sayur dan buah.. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi Anda 5 porsi kecil setiap hari (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

    Sayuran yang mengandung banyak gas. Misalnya, kubis, sayur nangka muda, kembang kol, daun singkong, serta brokoli. ”Beberapa sayuran berserat tinggi biasanya juga berkadar gas tinggi,” Namun, tidak setiap orang mengalami kembung setelah mengonsumsi makanan berserat. Reaksinya bersifat individual.

    Namun demikian makanan tersebut jangan sampai dihindari, karena serat dibutuhkan tubuh untuk membersihkan saluran pencernaan.. ;-)

  64. mami cherish April 9, 2010 at 7:31 am #

    Hai tips, mo tanya lg dong. Anak saya Cherish usia 6,5bln knp kl saya masak bubur saringnya pakai ayam bab-nya mjd keras?
    Padahal sdh saya blender. Trus ktnya brokoli itu blm boleh diberikan dl ya krn mengandung gas?
    Memang kira2 sayur apa saja yg mengandung gas? Krn memang stlh mkn bubur saring yg memakai brokoli Cherish buang2 gas trs.
    Thanks.. :-)

  65. tipsbayi April 9, 2010 at 2:13 am #

    westy agrawanty:

    Sama-sama.. :-)

  66. westy agrawanty April 8, 2010 at 11:28 am #

    ok tips, tks u/infox ya :) ..

  67. tipsbayi April 8, 2010 at 5:41 am #

    westy agrawanty:

    Benar.. Hati-hati dengan proses sangrainya harus rata matangnya dan jangan sampai gosong nanti pahit.. Gunakan api kecil dan merata.. Jangan lupa menyaringnya untuk memisahkan butiran yang masih kasar.. ;-)

  68. westy agrawanty April 8, 2010 at 1:09 am #

    ok tips, info2x bener2 berguna u/ibu baru sprti aku…
    Oh iya, pembuatan tepung kcng ijo n kedele prosesx sama dgn tepung beras(direndam dulu, stlh kering lalu disangrai bru diblender) ya?
    Tks jwbnx tips…

  69. tipsbayi April 7, 2010 at 3:09 am #

    deasy:

    Berikan bayi Anda nutrisi dengan gizi seimbang. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.Pertahankan pemberian makanan racikan sendiri..

    Pemberian ASI dan menu makan mengandung banyak sayuran hijau, sangat membantu. Pemberian buah-buahan, buah pisang-pun bagus Anda berikan..

    Jangan lupa konsultasi dengan DSA untuk memantau perkembangan bayi Anda.. ;-)

  70. deasy April 6, 2010 at 1:30 am #

    sy juga mau nanya nich umur bayi saya 9 bln tp berat badan nya cmn 5,3kg,dan sdh transfusi darah umur 6bln,makanan apa ya yg baik u menambah berat badannya dan menambah hb nya krn saya liat dia pucat….

    tolong bantuannya
    makasih

  71. deasy April 6, 2010 at 1:30 am #

    sy juga mau nanya nich umur bayi saya 9 bln tp berat badan nya cmn 5,3kg,dan sdh transfusi darah umur 6bln,makanan apa ya yg baik u menambah berat badannya dan menambah hb nya krn saya liat dia pucat….

    tolong bantuannya
    makasih

  72. tipsbayi April 5, 2010 at 3:32 am #

    westy agrawanty:

    Untuk kacang hijau dan kacang kedelai bisa diberikan setelah bayi Anda berumur 6 bulan.
    Sedangkan Kacang polong ( kapri) dan kacang merah bisa diberikan setelah bayi Andaberumur 8-10 bulan. Adapun kacang tanah dan golongan tree nuts sebaiknya diberikan setelah bayi berumur diatas 1 tahun.. ;-)

  73. tipsbayi April 3, 2010 at 3:06 am #

    mami cherish:

    Apakah Cherish masih mendapatkan ASI..? ASI Bagus lho untuk pertumbuhan dan imunitas Cherish.. ;-)

    Untuk pemberian makan pada usia segitu dan perubahan tekstur makanannya dilakukan dengan bertahap, kami yakin tidak akan ada pengaruh kurang baik..

    Apabila memang hanya flu saja, Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-5 hari, dengan memberikan ASI (sufor) dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok..

    Penyebab penyakit flu adalah virus yang umumnya akan mereda dalam waktu 3-5 hari. Hingga saat ini pun sebenarnya belum ada obat mujarab untuk membunuh virus. Obat flu yang ada hanya sekadar untuk meringankan gejala-gejalanya saja, seperti obat penurun demam, pelega hidung tersumbat, dan pengencer lendir.
    Jadi saran kami susui terus saja dengan ASI, ASI seperti diketahui, mengandung zat-zat kekebalan tubuh (imunoglobulin) yang tidak terdapat pada susu formula..

    Jika memang flu-nya berkepanjangan, ada baiknya Anda hubungi DSA untuk pemeriksaan lebih lanjut..

  74. westy agrawanty April 3, 2010 at 3:03 am #

    makasih infox yg lalu tips..
    Aku mo nanya lg, kalo kcg ijo n kcg merah udh bs diberikan k bayi 6bln? Tks

  75. mami cherish April 1, 2010 at 3:42 pm #

    Hai tips, aku mo tanya. Wkt anakku cherish usia 4,5 bln aku sudah kasih bubur susu buatan sndr yg dicampur sufor.
    Wkt cherish usia 5,5 bln aku kasih bubur saring tp sejak itu dia sakit flu.
    Apa itu pengaruh dr bubur saring itu ya? Soalnya ampe skrg usia 6bln lwt 1mgu msh flu jg.
    ?????????????? ? ?h?ñk Ÿðù ? ??????????? ya infonya..

  76. tipsbayi March 29, 2010 at 1:51 am #

    Ummu Hanief:

    Waduh.. Mohon maaf ummu terlewat.. keselip.. :-)

    Untuk konsumsi susu murni direkomendasikan pemberiannya untuk bayi diatas 12 bulan. Jumlah yang diberikan berkisar antara 2-3 gelas sehari atau sesuai kemampuan anak. Boleh diberikan untuk bayi 9 bulan akan tetapi perlu dicampur dengan sedikit air.

    Bila dilihat dari sisi kualitas susu dengan cara sterilisasi, susu UHT lebih baik dibandingkan cara sterilisasi lain. Proses sterilisasi UHT yaitu dengan pemanasan yang tinggi dan singkat tanpa pengawet, higienis karena bebas dari seluruh mikroba (patogen/penyebab penyakit dan pembusuk) serta spora sehingga potensi kerusakan mikrobiologis sangat minimal, bahkan hampir tidak ada.

    Jadi bila Anda akan mengolah susu sapi murni, bisa dengan cara pemanasan tinggi tetapi waktunya singkat.. ;-)

  77. tipsbayi March 28, 2010 at 1:49 am #

    westy agrawanty:

    Memang benar, akan tetapi untuk pemberiannya harus bertahap. Mulai dari tekstur, jenis makanan dan porsinya. Anda bisa melihat bagaimana efek dari pemberian makanan barunya..

    Untuk bubur susu kami sarankan susu campurannya ASI. Agar lebih spesial.. ;-)

  78. Ummu Hanief March 26, 2010 at 12:18 pm #

    Tips,pertanyaanku kok blm dijawab??

  79. westy agrawanty March 26, 2010 at 2:22 am #

    halo tips,
    Aku mo nanya nih, anakku 2mgu lg udh 6 bln, tp aku bingung ngasih mpasix. Ap bubur susu aj dl, ato bs lgsg bubur susu + buah + nasi tim saring. Soalx kalo liat jadwal pemberian mkn u/baby 6bln sdh hrs dikasi smua. Tlg infox ya tips, tks

  80. tipsbayi March 26, 2010 at 1:25 am #

    mama altamis:

    Bayi usia 10 bulan bahkan sudah boleh makan nasi tim. Akan tetapi untuk perubahan tekstur makanan bayi Anda hendaknya Anda lakukan dengan bertahap. Kandungan bayam merah sedikit berbeda dengan bayam hijau, tetapi keduanya sama baiknya..

    Pemberian ikan pada bayi Anda yang sudah berusia 10 bulan sangat dianjurkan, termasuk ikan lele, belut gabus.. Akan tetapi untuk bayi yang belum pernah di beri ikan hendaknya dicoba sedikit dulu, lihat reaksi setelah pemberian ikan, apakah ada indikasi alergi atau tidak, kalau tidak terlihat tanda-tanda alergi maka Anda bisa meneruskan pemberian ikan pada bayi Anda.

    Terlihat buah atau makanan yang tidak lumat pada feses bayi Anda itu biasa karena memangproses pencernaan bayi Anda belum sempurna. Maka dari itu sebaiknya kita memberikan makanan yang mudah lumat. Adapun buah seperti pepaya karena teksturnya lembut Insya Allah tidak berbahaya.. ;-)

  81. tipsbayi March 26, 2010 at 12:26 am #

    mama rayhan:

    Tetap yang terbaik Anda memberikan dalam keadaan fresh pada bayi Anda. Akan tetapi meskipun demikian kita bisa siasati dengan cara.. Oh ya.. sebaiknya Anda baca artikel berikut, di dalamnya ada tips-tips bagaimana penyimpanan dan menyajikan makanan untuk bayi Anda.. ;-)

    http://www.tipsbayi.com/index.php/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri

  82. Mom Zara March 25, 2010 at 6:25 am #

    Hi Tips..anak aku udah umur 6 bulan lewat 1 minggu dari awal 6 bulan udah dikasih makan buah (pisang & pear), biskuit sama bubur beras merah & kacang hijau..mau tanya variasi makanannya apalagi ya? soalnya rencana mulai dikasih sayur2an umur 6.5 bulan.. thanks Tips

  83. tipsbayi March 25, 2010 at 4:44 am #

    Bundanya Gatha:

    Benar Bunda.. ;-)

  84. Ummu Hanief March 23, 2010 at 1:10 am #

    Tips,mulai umur brp bayi boleh minum susu sapi murni? Trs gmn cara sterilisasi,apakah dipanaskan saja smp mendidih?kebetulan tetangga ada yg pny peternakan sapi. Daya tahannya brp hari?

  85. mama altamis March 22, 2010 at 12:29 pm #

    tips yg baik…. babyku udah 10 bln apa makannya udah boleh dikasih bubur tanpa saring, soalnya ada yg bilang jngn dulu biar pencernaanya baik, ada yg nyaranin dikasih aja biar bantu ngerangsang tumbuh giginya, pilih yg mana ya? apa ada perbedaan bayam merah dan hijau soalnya ditempatku susah dapetin bayam merah, apa dah boleh dikasih ikan lele, belut ,gabus katnya proteinnnya tinggi, satu lg ya tips (msh boleh kan he..he..he) anku suka makan pepaya atau pisang langsung trus pas BAB pupsnya ada sisa pepaya yg blom lumat bahaya gak ya tips
    maaf ya tips pertanyaannya banyak soalnya baru ank pertama g ada pengalamn,jawabanmu sngt membantu skali, mksh ya…tips

  86. mama rayhan March 22, 2010 at 9:26 am #

    hallo tips, seneng dech dapat info menu dr kamu, kemaren aku dah nyobain resep beras merah n ayamnya alhamdulillah rayhan suka walaupun diawal makan dia muntah, mungkin kaget kali ya dikasih menu baru, kemaren aku masaknya untuk 3 porsi(pagi,siang,malam) cuma waktu mo makan malam buburnya kok dah asem ya aku sih curiganya karna dikasih tomat, padahal aku letakin di pemanas bubur, tolongnya tipsnya dunk apa masaknya dibagi dua pagi dan sore

  87. Bundanya Gatha March 17, 2010 at 4:27 am #

    kalo aku kasih makanan seperti resep2 dari tips bayi gpp kan? itu kan usia 6-8bln, tapi harus diblender sehalus bubur susu gitu kan?

  88. tipsbayi March 17, 2010 at 4:18 am #

    Bundanya Gatha:

    Memang benar untuk usia Gatha yang masih 6 bulan sebaiknya masih diberi makan bubur susu atau makanan secair bubur susu. Sebaiknya Anda berikan Gatha makanan buatan Anda sendiri. Bagus kalau Gatha tidak suka makanan instan.. ;-)

    Berikan Gatha makanan dengan perubahan tekstur dan porsi bertahap. Karena sistem pencernaan Gatha masih sangat muda sekali.

  89. Bundanya Gatha March 15, 2010 at 6:01 am #

    hai tips jumpa lagi hehehehe…

    Mau tanya dong, kmrn aku imunisasi Gatha. Skrg usia Gatha sdh 6bln 2 mgg dan aku dah kasih MPASInya nasi tim. Trus DSAnya bilang suruh ganti bubur susu aja katanya blm waktunya bubur tim. Tapi anakku doyan bgt dikasih bubur tim, karena aku jg pernah coba kasih bubur instan seperti Serelac ato Milna tapi makannya tidak selahap kalo aku kasih bubur tim. Apakah benar untuk usia 6bln pemberian bubur tim belum diperbolehkan?

    Di tunggu jawabannya and thx ya….

  90. gasol March 12, 2010 at 1:58 am #

    menurutku MPASi homemade/buatan sendiri jauh lebih terjamin mutunya karena kita kan bikin sendiri, jadi lebih alami, tau mutu bahan, & tau proses pembuatannya (termasuk kebersihannya, dll). Kalo instan kan kita gak tau, bahan2 kimia apa aja yg dicampurkan pada makanan tsb. Emang agak ribet sih, tapi kan utk buah hati tercinta kita, ribet2 dikit gak masalah lah.

  91. winie March 10, 2010 at 10:28 am #

    hai tips,salam kenal…
    anakku Bharoe,sejak umur 3 bln dah aku kasih mpasi,soalnya dia rewl terus dan kayak gak puas,tp setelah aku kasih susu formula,dia anteng.terus masuk usia 4 bln,dia rewl lg,kl liat orang makan,dah mulai ganggu.sama neneknya di kasih bubur instan,anteng lagi.nanti tgl 13 dia 5 bln,aku mo coba kasih bubur buatan sendiri.gmn menurutmu…

  92. gasol March 1, 2010 at 3:06 am #

    intinya sich, kalo bisa jg pake bubur instan,
    kan kalo instan pasti ada pengawetnya ato zat kimia lain yg kita gak tau
    fot bunda azkya

  93. tipsbayi March 1, 2010 at 12:10 am #

    mama putra, tiwik:

    Sepertinya Untuk bayi Anda yang masih berusia 3 bulan, sebaiknya Anda tangguhkan dahulu pemberian makanan selain susu pada bayi Anda.. :-)

    Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

    1. Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
    2. Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
    3. Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
    4. Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
    5. Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

    Jika setiap kali Anda mencoba menyuapkan makanan kepada si kecil dan lidahnya terus mendorong makanan tersebut keluar, berarti dia belum siap diberi MPASI. Kalau begitu, jangan dipaksa… ;-)

    Jika bayi Anda sudah siap diberi MPASI, apa yang sebaiknya Anda berikan pertama kali?

    Anda bisa mencoba:

    - Sereal yang dicampur dengan ASI atau susu formula

    - Pure pisang

    - Pure kentang

    - Pure apel

    - Pure wortel

    Perhatikan reaksinya setelah pemberian MPASI. Jika tidak ada gangguan pencernaan atau tanda-tanda alergi, maka menunya bisa Anda teruskan…

    Tiwik.. BB bayi Anda termasuk bagus panjangnyapun ideal dengan beratnya.. ;-)

    bunda azkya:

    Bisa.. Anda bisa menggantinya dengan tepung beras gasol.. ;-)

  94. bunda azkya February 24, 2010 at 9:39 am #

    bisa ga,?beras merah diganti dengan tepung beras seperti tepung gasol. tepung gasol banyak rasa

  95. tiwik February 23, 2010 at 12:36 pm #

    Hai tips baby sejak lahir anakq sufor enfamil a+ (karena alasan tertentu) sekarang dia mau usia 3 bulan, boleh gak dikasih MPASI bubur susu ato biskuit bayi + sufor, BAB-nya bakal mencret gak? BB-nya dia skrg 6,1 kg panjang 60cm

    Sebaiknya anakQ yang asli sufor boleh dikasih MPASI mulai umur brapa
    thanx bantuannya :)

  96. mama putra February 22, 2010 at 1:57 am #

    halo tips baby saya punya anak umurnya baru 3 bulan makan pendamping apa ya yang cocok buat si kecil??

  97. tipsbayi February 10, 2010 at 1:55 am #

    Bundanya Gatha:

    Jika bayi Anda sudah siap diberi MPASI, apa yang sebaiknya Anda berikan pertama kali?

    Anda bisa mencoba:

    - Sereal yang dicampur dengan ASI atau susu formula

    - Pure pisang

    - Pure kentang

    - Pure apel

    - Pure wortel

    Perhatikan reaksinya setelah pemberian MPASI. Jika tidak ada gangguan pencernaan atau tanda-tanda alergi, maka menunya bisa Anda teruskan…

    Untuk porsi berikan secara bertahap. Berikut ini salah satu contoh jadwal pemberian MPASI (jadwal ini adalah untuk bayi berusia 6-9 bulan dan diterapkan secara bertahap)

    Pukul 06.00 (bangun tidur)
    ASI/PASI

    Pukul 08.00 (makan pagi)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 10.00
    Buah segar/ biskuit (tidak mengandung susu sapi)

    Pkl. 12.00 (makan siang)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 14.00 (sebelum tidur siang)
    ASI/PASI

    Pkl. 16.00
    Buah segar/ biskuit (tidak mengandung susu sapi)

    Pkl. 18.00 (makan malam)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 21.00
    ASI/PASI

    Selamat mencoba :)

  98. tipsbayi February 10, 2010 at 1:50 am #

    bunda nabil:

    Cara bikin tepung kacang hijau pada prinsipnya sama dengan membuat tepung dari beras..

    1. Cari kacang hijau yang kwalitas bagus
    2. Cuci bersih kacang hijau
    3. Tiriskan dan jemur sampai kering
    4. Setelah kering kita shangrai sebentar
    5. Kacang yang sudah dishangrai kita blender atau bisa juga di tumbuk manual
    6. Setelah halus kita saring, sisa disaringan bisa kita blender atau tumbuk kembali sampai halus kemudian saring lagi, ulangi sampai sisa disaringan habis.. jadi deeeh.. ;-)

  99. Bundanya Gatha February 9, 2010 at 6:13 am #

    hai tips salam kenal yah..

    seneng bgt aku bisa nemu web ini….mau tanya dong..
    akhir bln ini bayiku usianya 6bln dah waktunya mpasi dong. bayiku msh ASI tp sdh campur formula jg. makanan apa yg sebaiknya pertama kali diberikan? aku msh bingung trus porsinya berapa banyak?

    thx ya and di tunggu jawabannya…

  100. bunda nabil February 8, 2010 at 8:48 am #

    tips bagaimana bikin tepung kacang hijau ya…..makasih ya tips

  101. tipsbayi February 3, 2010 at 4:11 am #

    TRIA:

    Usia 7 bulan makan 2x sudah bagus.. Anda bisa atur dan tingkatkan porsi maupun teksturnya bertahap. Untuk pemberian buah-buahan Anda bisa memfariasikannya. Anda bisa memberikan buah-buahan apa saja yang rasanya manis, tekstur seratnya lembut dan tidak berbau menyengat. Seperti: Jeruk baby / jeruk medan, mangga manis, pisang, melon, alpukat, pepaya, pear, apel, dll.

    Resepnya.. Untuk sementara Anda bisa lihat di kategori makanan bayi.. Untuk resep yang baru tungu saja ya.. ;-)

  102. muhammad February 1, 2010 at 1:57 pm #

    sama neh bunda nabil,anak ku salsabila juga lagi susah makannya.ya dia mau aza makan tapi lama…..banget habisnya.malahan kadang ga mau buka mulutnya.jadinya saya harus tungguin dia sampai mau buka mulutnya.saya juga udah coba variasikan makanannya,tapi tetap aza gitu.sempat bingung juga seh.tapi tadi waktu makan saya coba dia yang pegangin sendoknya yang ada makanannya trus dimasukin ke mulutnya sambil dipegangin juga tangannya ternyata cepat aza habis makannya.dan dia ga harus disuruh dulu supaya buka mulut.mungkin si nabil juga gitu maunya bunda.di coba aza.semoga berhasil ya…

  103. TRIA February 1, 2010 at 10:02 am #

    Anak saya umur 7 bulan.sudah saya beri bubur susu 2 x sehari.n air jeruk 1 kali sehari.kt ny belut bgs untk anak?tlg krm kn resepny donk.

  104. tipsbayi February 1, 2010 at 7:39 am #

    bunda nabil:

    Anda bisa variasikan atau dampingi dengan memberikan jenis makanan ringan seperti: puding roti, kue mangkuk, muffin dll..

    Tetap Anda berikan makan sesuai jadwal. Berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.

    Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya ..

    Anda perlu membiasakan melatih bayi Anda makan sendiri untuk melatih motorik halus dan kasarnya juga melatih kemandirian.. Hanya saja tetap perlu pengawasan dari Anda.. ;-)

    Kecap, kita tahu garam dapur dalam kecap, kendati namanya kecap manis, kandungan garam dapurnya juga melebihi kebutuhan tubuh..

    Jadi sebaiknya Anda tunda dahulu pemberian garam atau kecap pada makanan bayi Anda sampai bayi Anda berusia lebih dari 1 tahun.. itupun pemberiannya tidak boleh berlebihan..

  105. bunda nabil January 27, 2010 at 3:33 am #

    Hai tips…….si Nabil sekarang dah bosan dengan bubur saring yang saya buat, mungkin karena rasanya yang selalu gurih ya jadi Nabil bosan. kemarin saya coba buburnya saya campur dengan buah pepaya tapi Nabil cuma 3 sendok aja setelah itu g mau lagi, Tolong dong tips minta resepnya tim padat or tim saring yang berkuag dan klo ada yang rasanya jangan yang asin tapi ada manisnya juga…. Oh ya tips Nabil sekarang dah 9 bulan dan boleh g dikasih kecap..

  106. Edgar mom January 25, 2010 at 7:42 am #

    to mama sabrina…
    kemarin2 bayi saya juga begitu. saya coba bikinnya degan mengunakan kuah kaldu eh ternyata bayi saya suka. untuk sayurnya saya kukus persediaan untuk 1 mgg, trus saya blender (puree) diplastik’in u/ jataj sehari masukin ke frezer. jadi memasak jadi lebih cepat dan nga repot . semoga bermanfaat ^_^

  107. tipsbayi January 23, 2010 at 8:06 am #

    mama sabrina:

    Apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

    Karena sudah terbiasa.. Maka Anda harus merubah kebiasaanya dengan cara DIBIASAKAN juga, kalau Anda mencetak kebiasaan bayi Anda mengkonsumsi makanan instan selama 3 bulan, maka minimal Anda harus BERSABAR selama 3 bulan untuk membiasakan kebiasaan baru kepada bayi Anda untuk mengkonsumsi makanan buatan sendiri..

    Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

    1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
    2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
    3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
    4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
    5. Mudah
    6. Hemat

    Nah.. Sekarang tinggal bagaimana mengatur dan mensiasati agar waktu yang Anda punya hanya saat libur saja bisa mengatasi semua hari dalam seminggu.. Bagaimana caranya? Mudah-mudahan Anda bisa mendapat inspirasi dan ide setelah Anda membaca Artikel pada link:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri

  108. tipsbayi January 19, 2010 at 1:31 am #

    muhammad:

    Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan 5 porsi kecil (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

    Jadwal buah bisa Anda berikan 2x setiap hari, pukul 10-11 dan 14-15 atau terserah Anda.. ;-)

    Untuk kesehatan yang optimal, dianjurkan agar bayi Anda mengkonsumsi Sayuran dan buah dengan beragam warna sebanyak 5 porsi kecil atau lebih adalah bagian penting dalam pola hidup sehat..

    MESKIPUN kuning telur bisa diberikan setiap hari (untuk yang tidak alergi), tanpa harus khawatir anak menjadi gemuk sebab kolesterolnya adalah kolesterol baik, akan tetapi SEBAIKNYA Anda variasikan makanan bayi Anda agar bayi Anda tidak cepat bosan. Dan JANGAN memberikan telur yang tidak matang pada bayi Anda..

  109. muhammad January 18, 2010 at 2:34 pm #

    tips, mana neh responnya???keselip ya.

  110. tipsbayi January 17, 2010 at 2:59 pm #

    hesti agustina:

    Sistem pencernaan bayi memang masih sangat sensitif, apakah sebelumnya bayi Anda hanya minum ASI? Apaka ketika Anda memperkenalkan MPASI pada bayi Anda campurannya sufor? Kalau jawabannya ya.. bisa jadi karena tidak cocok sufornya.

    Akan tetapi bisa saja mencretnya bayi Anda bukan disebabkan oleh sufor atau bahan MPASInya, bisa saja dari higienitasnya. Apakah buburnya Anda buat sendiri?

    Jadi, memang perlu diteliti secara seksama apa penyebab mencret bayi Anda. Maka apabila dalam beberapa hari terus mencret tidak ada perkembangan, bayi Anda rewel dan tidak mau menyusu, sebaiknya Anda bawa bayi Anda ke DSA..

  111. tipsbayi January 16, 2010 at 11:18 am #

    Ibu Minggeb:

    Bisa saja Anda campurkan salmon dan hati ayam, akan tetapi sebaiknya Anda pisahkan, karena selain rasanya berbeda juga Anda akan sulit untuk melihat efek atau reaksi dari pemberian jenis makanan pada bayi Anda.

    Sebaiknya makanan yang akan Anda berikan pada bayi Anda hendaknya Anda cicipi terlebih dahulu, lalu rasakan dan pertimbangkan kira-kira bayi Anda suka atau tidak.. ;-)

  112. tipsbayi January 16, 2010 at 10:46 am #

    sri marningsih:

    Bahan dasar MPASInya apa ya? Sereal beras? Anda bisa coba ganti dengan yang lain misalnya kentang, dan juga coba Anda berikan ASI kembali, bahkan jadikan ASI sebagai campuran bubur susunya.. ;-)

    Pola BAB bayi Anda dan bentuk fesesnya ketika sebelum dan sesudah diberi MPASI akan sedikit berbeda.. Untuk mengetahu lebih jelas masalah susah BAB pada bayi, silahkan Anda baca artikel di:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/bayi-sembelit-susah-buang-air-besar-pada-bayi

  113. tipsbayi January 16, 2010 at 10:12 am #

    ibu restu:

    Yang telah Anda lakukan sudah benar, bayi Anda lebih sering diberi makanan buatan Anda sendiri… Sepertinya pola BAB bayi Anda untuk saat ini bersamaan dengan jadwal makannya. Setiap makan BAB.. berarti BABnya 3 kali? Tapi tidak apa-apa kok..

    Jangan khawatir pola BAB bayi akan berubah seiring dengan berubahnya pola makan dan usia bayi Anda.. ;-)

  114. muhammad January 15, 2010 at 1:58 pm #

    tips, baby 3 hari lagi 9 bulan.aku sering kasih dia buah-buahan.sehari cuman 1x.apa itu kurang?sebaiknya berapa kali pemberian buah dalam sehari?
    trus, aku sering campurkan tim saring baby sama kuning telur.apa ga papa kalo kuning telur di konsumsi setiap hari untuk baby? baiknya berapa kali dalam seminggu?thx

  115. hesti agustina January 13, 2010 at 10:05 am #

    selama sore team tipsbayi

    saya punya putra sekarang 6 bulan.
    yang saya mau tanya pertama kali saya beri di MPASI nasi tim ternyata BAB nya mencret sebelum dikasi MPASI tidak mencret apakah berpengaruh terhadap pencernaannya.
    sebelumnya terima kaih mohon infonya.

  116. Ibu Minggeb January 13, 2010 at 3:34 am #

    Ibu Minggeb 13 January 2010

    Anak saya, sekarag berusia 6 bulan, udah makan bubur tim yang saya buat sendiri
    yang saya tanyakan: boleh nggk ikan salmon di campur dengan hati ayam?

  117. sri marningsih January 13, 2010 at 2:48 am #

    salam kenal ya..

    saya mau tanya dong… anak saya umur 7 bulan, baru saya kasih MPASI + buah. tapi ga ASI, saya kasih sufor. tapi kok BAB nya keras ya ? padahal udah saya kasih makan pepaya, sufor nya juga agak encer, terus MPASI nya juga agak encer. makasih ya sebelumnya

  118. ibu restu January 12, 2010 at 6:14 am #

    tips,,kenapa anak saya tiap kali habis makan(kadang-kadang belum selesai) tapi dah BAB,,Sebagai info,,baby q aq beri makanan tepung dari beras buatan sendiri dan bubur milna sebagai selingan.Mksh

  119. tipsbayi January 6, 2010 at 4:26 am #

    Mama jihan:

    Perlu diperhatikan untuk perubahan tekstur makanan dan rasa harus bertahap, jangan sampai bayi Anda kaget karena tekstur dan rasa yang baru.. Berikan sesuai dengan kemauannya dulu sambil dirubah sedikit demi sedikit kelembekan makanannya..

    Bisa juga bayi Anda kurang nafsu makan karena kurang sehat atau mau tumbuh gigi..

    Dan pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya .. ;-)

  120. Mama jihan January 6, 2010 at 2:02 am #

    Tips ikut gabung ya..anakku jihan sdh mau 9bln tp knp ya stp aq ksh bubur tim saring kok ga mau ya?br masuk 3-4 suap,srg dimuntahin lg n nangis..stp aq cb ulangi lg akan terulang lg.pdhl sdh aq variasi..jdny blk lg ke bbr halus tp mnm susuny lmyn kuat.. Solusiny gmn ya?thx b4..

  121. tipsbayi January 5, 2010 at 3:42 am #

    Ario:

    Anda bisa memberikan buah-buahan yang rasanya manis, tekstur seratnya lembut dan tidak berbau menyengat. Seperti: Jeruk baby / jeruk medan, mangga manis, pisang, melon, alpukat, pepaya, pear, apel, dll.

    Sedangkan untuk sayuran Anda bisa memberikan sayuran 5 warna biru/ungu, hijau, putih/kecoklatan, kuning, merah..

    Berapa banyak dalam sehari? Bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan 5 porsi kecil (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah.. ;-)

  122. mama Keyla January 5, 2010 at 3:25 am #

    keyala 10 hari lagi 6 bulan, saya bermaksud akan memberikan makanan untuk key, tp msh bingung makanan pertama yg terbaik tu seperti apa? mohon iformasi dan respnya. Trim’s

  123. mama Keyla January 5, 2010 at 3:23 am #

    keyla 10 hari lagi 6 bulan, saya bermaksud akan memberikan makanan pertama bagi untuk key, tp msh bingung nih makanan pertama apa yg baik untuk saya berikan, mohon informasinya. Trim’s

  124. Tips gabung donk ario 7bl mau tanya buah ap aza yg bs dbrikan? January 4, 2010 at 6:36 am #

    http://www.tipsbayi.com

  125. tipsbayi December 26, 2009 at 4:02 am #

    bunda nayla:

    Apakah Anda sudah memperkenalkan jadwal makan buah pada bayi Anda? Anda bisa coba memberikan buah sesuai dengan jadwalnya setiap hari 1 atau 2 kali. Berikan buah-buahan yang rasanya manis dan teksturnya lembut. Berikan terus ASI, banyaklah Anda mengkonsumsi makanan berserat. Bagus sekali apabila ASI dijadikan susu pencampur makanannya. Dengan ASI maka resiko susah BAB akan berkurang.

    Pemberian sufor yang terlalu kentalpun salah satu penyebab BAB keras..

    Untuk lebih jelas Anda bisa baca artikel terkait di:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/bayi-sembelit-susah-buang-air-besar-pada-bayi

  126. tipsbayi December 26, 2009 at 3:51 am #

    ummu ghisa:

    Pemberian kacang-kacangan pada bayi tergantung jenis. Bahkan bila ia memiliki bakat alergi makanan maka pemberian kacang-kacangan pada bayi setelah berusia 1 tahun..

    1. Kacang hijau dan kacang kedelai sebaiknya diberikan setelah bayi umur 6 bulan.
    2. Kacang polong ( kapri) dan kacang merah bisa diberikan setelah bayi berumur 8-10 bulan.
    3. Kacang tanah dan golongan tree nuts sebaiknya diberikan setelah bayi berumur 1 tahun.

    Memang terkadang terdapat sedikit perbedaan pendapat diantara sesama ahli gizi atau dokter. Kami yakin untuk menyikapi hal seperti ini Anda bisa menentukan pilihan yang terbaik dan bijaksana.. ;-)

  127. tipsbayi December 26, 2009 at 2:57 am #

    mama keisha:

    Sama-sama.. ;-)

    Kami sudah memasukkan data untuk konfirmasi Anda secara manual.

  128. tipsbayi December 26, 2009 at 2:50 am #

    mama javas:

    Amiin.. ;-)

  129. bunda nayla December 24, 2009 at 3:42 am #

    tips mo gabung nih saya punya baby umur 6 bln udah saya kasih makana saring tapi BABnya agak susah atw kurang lancar n kalau BAB Ngedennya agak susah minta tipsnya donk

  130. ummu ghisa December 21, 2009 at 1:43 am #

    setahu sy dr buku,pngenalan kacang2an sbaiknya stlh umur 8bln sj,mnurut tips gmn? ayam malah dikenalkan umur 8-9bln. saya jd bingung. buku itu dari 3orang ahli pangan dan gizi lho..makasih

  131. mama keisha December 20, 2009 at 10:35 am #

    Tips, keisha suka sekali bubur ini. makasih ya…
    BTW tips, saya kemarin dh transfer utk pemesanan Ebook Batita cerdas, tapi mo konfirmasi pembayarannya susah banget. tolong dibantu ya tips. makasih…

  132. mama javas December 16, 2009 at 6:50 pm #

    u/ kesejuta kalinya comment yg sejenis ini, sy ucapkan byk trmksh, smga site dan all crew tips bayi, diberi keberkahan, keselamatan & kesehatan agar slalu dpt m’berikan info” yg bmanfaat. Aamiin <3

  133. tipsbayi December 16, 2009 at 3:51 am #

    Edgar mom:

    Sama-sama.. ;-)

  134. Edgar mom December 15, 2009 at 1:26 pm #

    thanks a lot atas infonya tips, terbantu sekali :)

  135. tipsbayi December 15, 2009 at 4:19 am #

    Edgar mom:

    Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

    Tepung beras putih yg dijual dipasaran yang biasanya untuk buat kue bisa saja Anda gunakan sebagai bahan makanan bayi Anda. Akan tetapi tepung itu masih mentah kan? Jadi proses pembuatannya harus agak lama agar benar-benar matang. Hati-hati pemberian makanan yang kurang matang bisa menyebabkan BAB keras juga.., makanya berasnya disangrai terlebih dahulu.. ;-)

  136. tipsbayi December 15, 2009 at 4:06 am #

    bunda kalinda:

    Menyaring tim dalam keadaan masih panas maksudnya agar keadaan tekstur tim masih agak cair, karena apabila sudah dingin maka tim akan agak padat dan agak sulit tersaring oleh saringan kawat. Meskipun demikian tetap boleh saja menyaring dalam keadaan dingin. Itu hanya masalah teknis saja tidak berpengaruh terhadap kwalitas tim saring.

    Akan tetapi apabila proses pencampuran tim saring dengan ASI atau sufor sebaiknya Anda tunggu sampai tim agak dingin.. ;-)

  137. Edgar mom December 14, 2009 at 1:41 pm #

    Tips, kalo tepung beras putih yg dijual dipasaran yg biasanya utk kue (rose brand) bisa juga tidak untuk membuat bubur susu?
    Soalnya ada bbrp teman yg memakainya.

    kalau membuat sendiri dari beras merah/putih, diblendernya hingga menjadi bubuk halus?krn blender suka nga terlalu halus kalau tidak ditambahkan air.

    terima kasih sebelumnya :)

  138. bunda kalinda December 12, 2009 at 3:28 pm #

    Dear tips, apa tim sebelum disaring dengan saringan kawat harus tunggu dingin dulu? saya pernah baca bahwa cara menyaring tim dengan saringan kawat sebaiknya dalam keadaan panas, gimana yang lebih baik? Makasih ya..

  139. tipsbayi December 12, 2009 at 3:50 am #

    bunda nabil:

    Oh.. belum lengkap ya..? :-)
    Untuk nasi tim saring dengan buah-buahan, Anda bisa menambahkan BUAH (pisang, pepaya, mangga, sari jeruk baby, apel kukus, pear kukus, dll.) pada tim saring yang sudah biasa Anda buat. Anda masukan buahnya ketika tim sudah jadi dan dingin (sebelum disaring/ diblender). Selamat mencoba.. ;-)

  140. bunda nabil December 10, 2009 at 5:44 am #

    lho tips jawabannya kok kayaknya g lengkap ya……..nasi tim saring dengan buah-buahan gimana resepnya ya tips…………

  141. tipsbayi December 10, 2009 at 3:15 am #

    Leni Susilowati:

    Insya Allah tidak ada.. Akan tetapi Anda juga perlu pilih-pilh juga ya.. ;-)

  142. tipsbayi December 10, 2009 at 3:02 am #

    mama javas:

    Waduh.. mohon maaf keselip.. terlewat deh.. :-)

    Untuk porsi makan sebenarnya bagaimana kesiapan javas sendiri. Biasanya bila memang nafsu makan bayi tidak tetap sangat dipengaruhi oleh kondisi tubuhnya atau bosan. Perlu juga kita variasikan menu makannya agar tidak cepat bosan..
    Untuk itu berikan porsi makan dan kekerasannya secara bertahap sesuai kemampuan dan usia bayi Anda.. ;-)

    Untuk makanan instan kemasan seperti yang kami uraikan pada jawaban di atas..

    Menu MPASI sesuai Golongan Darah singkatnya saja ya..
    Golongan darah A dianjurkan banyak mengkonsumsi sayuran
    Golongan darah B dianjurkan banyak mengkonsumsi daging dan susu
    Golongan darah AB dianjurkan banyak mengkonsumsi sayuran dan daging dengan kapasitas lebih banyak mengkonsumsi sayuran lebih banyak daripada daging dan susu.
    Golongan darah O dianjurkan lebih banyak mengkonsumsi daging-dagingan dibandingkan dengan kacang-kacangan.

    Akan tetapi pendapat diatas memang masih dalam penelitian lanjut oleh para ahli..

  143. tipsbayi December 10, 2009 at 2:29 am #

    mami Belva:

    Gak apa-apa sih.. Bisa saja Anda berikan biskuit atau bubur instan, akan tetapi apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

    Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

    1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
    2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
    3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
    4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
    5. Mudah
    6. Hemat

  144. mami Belva December 9, 2009 at 3:03 am #

    tips, Belva sudah mau 6 bulan, tp dr umur 5 bulan sudah boleh maem sama dokter,
    saya sudah mulai kasih biscuit dan bubur kemasan farley, milna dan cerelac… sudah sebulan ini makan makanan kemasan … apa gpp..?

  145. tipsbayi December 9, 2009 at 1:37 am #

    mama icha:

    Bayi Anda usia 9 bulan memang sudah waktunya memperkenalkan makanan selain bubur susu.. Sebaiknya Anda kenalkan makanan baru (sayuran) tidak lebih dari satu jenis agar kita bisa tau efek dari makanan yang kita berikan. Untuk tomat sebaiknya Anda berikan tanpa biji atau tanpa dalamannya.

    Kalau masalah mencret, pasti bukan disebabkan karena pemberian makanan buatan sendiri, tapi yang harus kita telusuri adalah cara pembuatannya (higienis atau tidak) serta bahan yang digunakan, mungkin saja tidak cocok untuk bayi Anda.

    Mencret pun belum pasti dari makanan barunya lho.. ;-)

  146. mama javas December 8, 2009 at 3:18 pm #

    pertanyaanku kok blm di jawab yah?

  147. Leni Susilowati December 8, 2009 at 1:38 am #

    tips aku gak bikin sendiri tepung berasnya tapi beli tepung beras organik kemasan, kira2 ada zat aditifnya gak ya. tlg dijawab ya tips, mksh.

  148. mama icha December 7, 2009 at 2:16 pm #

    tips, saya mau infonya tentang menu yg cocok buat anak saya icha,umurnya 9 bulan,sy telah beri dia mpasi pertama dgn bubur beras merah dan susu,kemudian sy ganti tdk lagi d campur susu tetapi dgn menambahkan sayur spt wortel dan tomat, tetapi setelah 1 mggu anak saya mencret, saya kembali lg ke menu bubur susunya, karena dokter blng lebih baik d beri makan bubur susu, tips saya bingung saya ingin memperkenalkan jenis dan rasa makanan kepada anak saya, menu apa yg baik saya berikan kpd anak saya dalam 1 minggunya, tetapi tidak membuat anak saya mencret, terima kasih sebelumnya tips

  149. tipsbayi December 7, 2009 at 4:22 am #

    Trias:

    MENTEGA/ BUTER merupakan produk industri susu karena bahan utama pembuatannya berasal dari lemak hewani atau susu (80-82 %), dan ditambah dengan bahan pendukung lainnya seperti air, garam dan padatan susu (curd). Selain itu mentega diperkaya dengan vitamin A, D, E dan K yang tidak larut dalam air. Mentega mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan lebih memberikan rasa gurih serta aroma yang lebih tajam.

    MARGARINE terbuat dari minyak atau lemak nabati, dan bahan tambahan seperti susu bubuk skim atau lemak hewani, air, garam, esens, pewarna dan zat anti tengik.

    Mentega atau butter. Di pasaran ada 2 jenis butter, yaitu yang salted (asin) dan unsalted (tawar). JADI.. sebaiknya pilih butter yang unsalted (tawar) saja, lebih aman. Bahkan sering tingkat asinnya itu tidak sama meski merek butter-nya sama.

    Titik leleh yang rendah dari butter menyebabkan butter rentan terhadap suhu, oleh karena itu sebaiknya butter di simpan di suhu yang rendah.

    Kalau margarin tingkat leleh margarin lebih tinggi daripada butter karena itu meski di simpan di suhu ruang margarin tidak akan leleh, kecuali kalau kena sinar matahari langsung.. ;-)

  150. tipsbayi December 7, 2009 at 4:05 am #

    bunda kalinda:

    Sama-sama.. untuk resep selanjutnya tunggu saja ya.. ;-)

  151. Trias December 6, 2009 at 11:40 am #

    Apa bedanya unsalted butter dan margarin? untuk bayi lebih baik menggunakan yang mana ?

  152. bunda kalinda December 5, 2009 at 12:16 pm #

    Makasih resepnya ngebantu banget, lagi bingung nyari menu buat anakku yg usianya 7 bulan.

  153. tipsbayi December 5, 2009 at 3:53 am #

    daniswara:

    Untuk tepung beras buatan sendiri asal penyimpanannya ditempat kedap udara yang rapat bisa tahan berminggu-minggu, tetapi sebaiknya Anda buat jangan terlalu banyak. Anda bisa sediakan tepung untuk persediaan satu atau dua minggu, karena tepung buatan sendiri tidak memakai bahan pengawet perlu lebih fresh biar rasanya terjaga.
    Jangan lupa disangrai terlebih dahulu ..

  154. tipsbayi December 5, 2009 at 3:51 am #

    bunda nabil:

    Nabil masih mau makan dengan variasi makanan yang Anda berikan? Kalau jawabannya YA.. Anda tidak usah terlalu khawatir..

    Rasa bubur saring bisa manis juga. Akan tetapi manis alami dari buah-buahan misalnya..

  155. Wakri December 4, 2009 at 3:31 pm #

    Tips….boleh ga bayi 5 bulan dkasih buah2 sperti apel n pear?

  156. mama javas December 4, 2009 at 10:34 am #

    Dear tips yang baik hati, lagi bingung nih, sbnrnya porsi makan bayi 6 bulan itu brp gram?/brp suap sendok bayi? krn baru 5 pucuk suapan aja Javas (6bln) uda ngunci mulutnya. Menu:pisang+biskuit M**a (1/4 bagian saja)takut da zat add. ma sintetisny :-( . Bisakah Tips Bayi m’berikan menu MPASI bayi yg sesuai gol.darahnya?Kalo di bukunya Mas Peter D’Adamo menunya susah”, bahan”nya adanya di Amrik sono. Cari di Kampung mana ada?:’(. Capek deh kalo tanya Eyang Google terus.
    Thanks be4

  157. daniswara December 3, 2009 at 4:13 am #

    Dear tips, saya mau tanya sebenernya tepung beras merah buatan sendiri bisa bertahan berapa lama ya? (saya simpan di dalam wadah tupperware) thx.

  158. bunda nabil December 2, 2009 at 4:56 am #

    tips, saya lagi bingung nich mau buatin apa lagi ya agar sii nabil menu makannya variasi?minta resepnya yang dari bahan ikan laut donk…..apa rasa tim saring itu selalu gurih or asin?klo ada resep tim saring yang rasanya manis tolong email ketempat saya ya… makasih banyak ya tips

  159. tipsbayi November 23, 2009 at 4:34 am #

    Bunda Kamilah:

    Sudah berapa lama Anda memberikan MPASI pada bayi Anda? Sebaiknya Anda tidak membiasakan selalu memberikan makanan instan pada bayi Anda. Makanan buatan sendiri adalah lebih baik dan lebih dianjurkan.. Anda bisa berikan bubur saring

    Apabila pemberian MPASI sudah berlangsung +- satu bulan, Anda bisa bertahap memfariasikan makanan bayi Anda dengan menyertakan sayuran dalam makanannya.
    Buah-buahan bisa Anda berikan setiap hari minimal 1x jadwal makan buah, Buah-buahan Anda bisa berikan: pisang yang manis, pepaya, jeruk baby, melon, pear kuning, pear hijau, apel, peach, dll ;-)

  160. Bunda Kamilah November 21, 2009 at 1:28 pm #

    Dear Tips, Mau ikutan gabunga nih. Aku punya Baby 4.1bl sudah di kasih makan bubur susu instant. Kalo di kasih bubur saring atau nasi tim saring sudah boleh belum ya? aku mau kasih ko ngeri ya. Juice or sari buah udah boleh belom? Aku ingi secepatnya ngenalin sayur dan buah ke Kamilah. Karena abangnya sdh umur 8 tahun susah banget makan sayur. Dan ga semua buah sayur.

  161. tipsbayi November 21, 2009 at 3:27 am #

    Anonymous, bunda nabil:

    Mungkin saja karena Nabil gak tahan dengan bau amisnya.. Anda bisa membubuhkan bumbu dapur untuk mengurangi amis. Masakan bubur atau tim untuk nabil boleh diberi bumbu masak alami. Contoh bumbu alami adalah bawang bombai, bawang merah, bawang putih, bawang daun, seledri, salam, serai, daun jeruk, kemangi, lengkuas, kunyit, kencur. Hanya saja untuk ini Anda perlu melihat dan menyesuaikan minat bayi Anda.. :-)

    Kalaupun Anda membubuhi makanan Nabil dengan bumbu alami jangan sampai terlalu merubah rasa hingga bisa saja Nabil malah menolak makanannya..

    Atau sepertinya Nabil kaget dengan makanan barunya, Nabil perlu juga adaptasi dengan makanan barunya. Maka berikan daging atau ikan dengan bertahap. Anda berikan sedikit dulu pada makanan yang biasa Nabil suka..

    Makanan bayi terasa hambar di mulut kita, karena indera perasa kita sudah
    “kapalan”. Berbeda dengan yang bayi Anda rasakan karena indera perasa bayi yang masih sangat sensitif, bayi Anda dapat merasakan rasa gurih dari kombinasi antara zat natrium atau kalium dengan klor yang terdapat dalam makanan/cairan. (Garam dapur kan hasil reaksi antara natrium + klor.) ;-)

  162. bunda nabil November 19, 2009 at 5:43 am #

    Tips tanya nich, nabil skrng dah mau 7 bln, tiap saya buatin tim saring pakai daging or hati sapi kok dia mau muntah ya…padahal saya mau coba buatin pakai ikan laut..gimana ya tips agar nabil suka n tidak muntah.
    Pengganti garam saya kasih keju yang lembaran tips tapi kok kayaknya kurang asin ya jadi rasaya hambar, jadi sya kasih garam sedikit biar ada rasanya, bagaimana tips?apa boleh tiap hari dikasih keju?saya pakai keju cuma stgh lembar aja. Mohon sarannya ya tips….saya juga minta tolong donk klo ada resep2 lain kirim ke email saya. Makasih buanget ya tips atas sarannya………….

  163. Anonymous November 19, 2009 at 5:35 am #

    pa kabar tips……… mau curhat nich tips. Si Nabil skarng dah mau 7bln. Tiap saya buatin tim saring yang ada daging n hati sapi nabil mau muntah, padahal sudah saya kasih keju juga lho…..akhirnya skrng klo mau bikin tim saring cuma saya campur dengan sayur aja, padahal saya mau coba ikan laut tips…….gimana ya caranya agar si nabil suka n tidak muntah? makasih ya tips atas sarannya

  164. Anonymous November 19, 2009 at 5:31 am #

    tips saya mau tanya nich………nabil skrang kan dah makn tim saring. Kemarin saya coba buatkan daging dgn bayam, tapi kok kayaknya dia mau muntah ya. Terus kemarin saya coba variasi lain dengan hati sapi, labu kuning, wortel & tomat tapi kok juga muntah ya….akhirnya skrang saya buatin nasi sama sayur aja tanpa ikan, eh si nabil mau. Kenapa ya tips kok nabil kayaknya g mau yg amis2 padahal saya juga mau coba kasih ikan laut, gimana solusinya agar si nabil tidak muntah?

  165. tipsbayi November 18, 2009 at 10:17 am #

    mami revo:

    Sejak usia berapa bayi Anda diberi MPASI? Apabila memang bayi Anda sudah mendapat MPASI sebelumnya tentu boleh saja asal jangan dulu diberikan pemanis tambahan. Anda bisa tambahkan ASI atau sufor untuk penambah rasa agar tidak jauh dengan makanan utamanya .. ASI.. ;-)

  166. tipsbayi November 18, 2009 at 10:14 am #

    bunda ihsan:

    Pencucian beras harus selalu dilakukan meskipun langsung Anda blender, Anda bisa tiriskan atau keringkan dulu sebelum diblender.. ;-)

  167. mami revo November 17, 2009 at 9:45 am #

    anak saya baru 6 bulan kurang 5 hari, apakah sudah bisa diberikan jus alpukat?

  168. bunda ihsan November 17, 2009 at 4:09 am #

    kalo pake beras merah organik tetap harus di cuci ya? soalnya saya bikin tepung beras merahnya langsung di blender.

  169. tipsbayi November 13, 2009 at 11:59 pm #

    Dian:

    Untuk puree alpukat, biasanya sih dicampur dengan ASI atau susu formula agar si kecil menyukainya.

  170. Dian November 12, 2009 at 6:17 am #

    kalau bikin jus alpukat perlu ngak d beri gula ? khan rasanya agak pahit .

  171. tipsbayi November 9, 2009 at 3:53 am #

    ummi beryl:

    Alpukat BAGUS sekali untuk beryl.. ;-)
    Kandungan nutrisi dalam buah alpukat meliputi vitamin C, vitamin A, vitamin E, zat besi, sodium, mineral kalium, fosfor, mangan, asam folat, serat selulose, dan potassium.

  172. tipsbayi November 9, 2009 at 3:41 am #

    ummu muadz :

    Bisa saja Anda berikan bubur instan, akan tetapi apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

    Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

    1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
    2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
    3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
    4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
    5. Mudah
    6. Hemat

  173. ummi beryl November 6, 2009 at 7:23 am #

    alpukat bagus ga untuk bayi 6 bulan? thnks

  174. muhammad November 6, 2009 at 2:47 am #

    makasih tips.klo gitu aku ga perlu hawatir lagi dengan masalah BAB baby ku.

  175. ummu muadz November 6, 2009 at 2:36 am #

    klo nggak sempat buat sendiri apa bisa diganti yang instan seperti bubur milna?kandungannya sama nggak?

  176. tipsbayi November 5, 2009 at 3:30 am #

    muhammad :

    Beras merah bisa dijadikan tepung.. Apakah bayi Anda diberikan bubur tepung beras merah buatan sendiri? Itu bagus akan tetapi perlu diperhatikan cara membuat tepung beras merah, cuci beras merah lalu rendam selama 6 jam, kemudian tiriskan dan disangrai kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

    Hati-hati pemberian makanan yang kurang matang bisa menyebabkan BAB keras juga.., makanya beras merahnya disangrai terlebih dahulu..

    Apabila bayi Anda tidak cocok dengan sereal beras Anda bisa menggantinya dengan bahan yang lain contoh diganti dengan ubi..

    Perlu diperhatikan juga karena tekstur makanan bayi Anda sudah padat bukan susu saja maka BAB nya pun berubah.. :-)

  177. muhammad November 4, 2009 at 4:00 am #

    tips,beras merah ku,aku jadiin tepung. apa ga papa? kenapa ya tips baby ku kalo maem yang mengandung beras pasti aza (maaf) BAB nya keras.ya walaupun dia ga sampai nangis tapi aku tetap aza ga tega liat dia waktu BAB.jadinya sekarang aku lebih sering kasih dia sayuran yang dikukus kemudian dilembutkan pake saringan kawat.apa emang kaya gitu BAB bayi yang udah maem?

  178. tipsbayi November 3, 2009 at 3:34 am #

    bunda nabil :

    Tekstur tim saring memang masih agak cair, jadi gak perlu kuah lagi..
    Air kaldu bisa Anda sertakan sebagai pengganti air ketika proses pembuatan tim saring .. :-)

    Silahkan Anda memilih menu untuk bayi Anda dari resep-resep yang ada di TipsBayi, penting sekali untuk memfariasikannya agar bayi Anda tidak cepat bosan..

  179. bunda nabil November 2, 2009 at 6:43 am #

    makasih banget ya tips resepnya, kebetulan si nabil sekarng dah 6 bln n dah keluar giginya, saya pingin coba resep ini, kalau usia 6 bln dah waktunya belum ya makan tim saring?saya juga minta resepnya donk yang ada kaldunya atau kuahnya.
    Kebanyakan resep tim saring kan g ada kuahnya, apa ntar bayi bisa makannya ya……..?

  180. tipsbayi November 2, 2009 at 4:31 am #

    Mulyanto :

    Sama-sama.., ikuti terus saja perkembangan situs ini .. ;-)

  181. Mulyanto November 2, 2009 at 4:23 am #

    Terima kasih atas tipnya hal ini sangat membantu kami dalam menyajikan makanan untuk sikecil, kebetulan anak kami baru berusia 7 bulan jadi tip ini sangat cocok untuk kami, sekali lagi kami ucapkan terima kasih banyak.

  182. tipsbayi November 2, 2009 at 4:09 am #

    Trias :

    Untuk mempercepat proses pembuatan bubur Anda bisa merendam dahulu beras dalam air dingin selama 30 menit agar beras lebih mudah lunak saat direbus.

    Memang benar beras merah berbeda dengan beras putih. Khusus untuk beras merah, sebaiknya pilih beras merah yang sudah disosoh agar tidak terlalu keras kulitnya dan mudah merekah saat dimasak. Jika ingin cara lain untuk lebih cepat, meskipun rasanya kurang gurih, beras bisa diganti dengan nasi yang sudah matang. Rebus nasi hingga menjadi lunak (Untuk 100 gr nasi rebus dengan 500 ml air).. ;-)

  183. Trias October 31, 2009 at 12:23 pm #

    Saya klo merebus beras merah kok rasanya lamaaa banget ya nunggu ngembangnya? apa mmg jenis beras merah lbh lama masaknya drpd beras putih ?bgm caranya biar cpt ngembang?
    Tips tepung beras merahku msh banyak , apa bs diganti itu beras merahnya? tq

Leave a Reply