Resep Bubur Beras Merah Wortel

 

Sudahkah Anda membaca: Mengenalkan MPASI pada bayi usia 6 bulan?

Bahan Bubur Beras Merah Wortel:

* 2 sdm tepung beras merah
* 100 ml air matang
* 200 ml ASI (2 sdm susu formula I larutkan ke dalam 200 cc air)
* 60 g wortel, rebus, haluskan

Cara Membuat Bubur Beras Merah Wortel:

1. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
2. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan wortel, aduk rata. Angkat.
3. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata.

Untuk 2 porsi

Nilai gizi per porsi:
Energi: 84 Kkal
Protein: 2,8 g
Lemak: 1,1 g
Karbohidrat: 15,7 g

Artikel yang berhubungan:

  1. Resep Makanan Bayi: Bubur Beras Stroberi Untuk Bayi 6-12 Bulan
  2. Resep Makanan Bayi 6-8 Bulan: Beras Merah dan Ayam
  3. Resep Makanan Bayi 6-8 Bulan: Bubur Daging
  4. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Ikan Teri
  5. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Ayam dan Keju
  6. Resep Makanan Bayi 6-8 Bulan: Bubur Kentang Ati
  7. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Telur

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

91 Responses to Resep Bubur Beras Merah Wortel

  1. mina July 29, 2013 at 4:39 am #

    Hi tips, senang sekali sy menemukan website ini karena sy adalah new mom yg belum pengalaman dalam membesarkan bayi, sy tidak mau hanya mendengarkan ‘kata-kata’ org dalam membesarkan anak sy karena belum tentu semuanya benar.

    YAng sy mau tanyakan ke tips, porsi makan mpasi utk anak sy yg baru 6bulan bagusnya berapa banyak? Sekarang saya membuatkan bubur beras merah dari gasol, takarannya 1sendok makan +150ml, setelah dimasak jadi 7-8sendok makan.bolehkan saya beri makan semua kepada bayi sy dalam sekali makan?
    2. Baguskah jika sy menggunakan tepung yg sudah jadi seperti merk gasol?? sy baca di kemasannya ditulis ‘non instan’ dan organik?
    3.setelah makan bubur perlukah sy memberinya air putih? Atau asi? Saya sekarang masih memberikan asi eksklusif, anak sy tidak mau susu kaleng.

    sebelumnya terima kasih atas tips tips yg diberikan, sangat membantu sy, hehehe

    • tips-bayi July 31, 2013 at 7:03 am #

      mina,

      1. Porsi makan untuk usia 6 bulan minimal 6 sendok makan dewasa, 7 bulan 7 sendok terus seperti itu..

      2. Bagus saja Bun.. Tapi jika bunda ingin buat sendiri juga bisa dan gampang. Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Bunda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Bunda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      3. Diberi air putih boleh saja.. akan tetapi terlalu banyak air dapat menganggu keseimbangan cairan dalam tubuh bayi. Susu (terutamaASI) merupakan cairan yang terbaik untuk tetap menjaga bayi yang belum banyak memakan makanan padat dari ancaman dehidrasi, bahkan untuk bayi dibawah 6 bulan jangan dberi minum air putih. Meskipun bayi Bunda sudah lebih 7 bulan ada baiknya bayi Bunda jangan diberi terlalu banyak air putih dulu, cukup diberikan untuk mendorong makanan saja, perbanyaklah ASI… ;-)

  2. pipi April 17, 2013 at 5:30 am #

    Dear tips,

    Dalam membuat mpasi saya tidak memasaknya secara bersamaan.
    Bubur beras merah yang sudah matang saya campur di dalam mangkok dengan puree wortel yang sudah dihangatkan. Apakah itu tidak apa2?
    Karena jika wortelnya dimasak lagi nilai gizinya takut berkurang.
    Saya juga pernah baca beberapa sumber yang katanya memberi mpasi jangan dicampur-campur, tapi dipisah penyajiannya dalam piring bersekat. Bagaimana ya tips?

    Mohon penjelasannya

    Terima kasih

  3. shaquila moms April 11, 2013 at 2:24 am #

    Dear tps bayi,

    Mohon bantuannya donk bunda, saya ibu bekerja yang memilki putri ber usia 6 bulan bsa dikatakan untuk lebih hemat wktu saya pilih makanan instan dan biskuit bayi buatan pabrik :) sebenarnya kasihan juga sih bunda harus memberikan makanan instan tapi apa mau di kata saya tidak punya banyak waktu dirumah, Sesekali oleh eyangnya di berikan air rebusan beras (tajin) yg mau saya tanyakan:

    1. Apakah makanan bayi bisa di simpan dalam wadah dan di tempatkan dlm lemari es / freezer? klo iya apakah ada tempat khusus seperti toples atau box makanan?

    2.Untuk jenis makanan apa saja yg bisa di simpan untuk waktu lama kemudian masih dapat digunakan beberapa kali, apakah untuk nasi tim bisa?

    3. Bolehkah diberikan jus buah ?

    Mohon bantuannya bunda, Terima kasih….. Salam

  4. mama owen February 27, 2013 at 7:42 am #

    hallooo. saya mau tanya dong anak saya umur 10bln dia cuma mau makan bubur tepung rasa coklat kalau di beri bubur tim selain rasa coklat dia tidak mau. kalau saya turutin saya takut dia sampai besar tidak mau makan dengan rasa yg lain. mohon pencerahannya terimakasih ya atas sarannya.

    • tips-bayi March 5, 2013 at 2:23 am #

      mama owen,

      Untuk memulai mengenalkan rasa atau jenis makanan baru pada Owen.. apabila Owen sudah bisa memegang sendiri dan mengunyah bisa mulai diperkenalkan ‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil dan sayuran rebus.. Nantinya Owen akan terbiasa dengan rasa makanan lain tidak hanya coklat saja.. ;-)

      Dan.. Selalulah biasakan dari sekarang memberikan makanan buatan Bunda sendiri jangan instan..

    • Anonymous February 4, 2014 at 11:53 pm #

      Saya mempunyai anak perempuan skg usia sdh msk 12 bln,sy kebingungan akhir2 ini dia gk mau mkn tdk seperti wktu 11 bln saya bingung cara mengatasinya,dia selalu minum susu aja mkn skali2 aja dia mau,akibat makan tdk teratur perutnya jdi kembung klu mlm,gimna cara mengatasinya

      • tips-bayi February 11, 2014 at 4:09 am #

        Anonymous

        Selain memberikan menu yang variatif .. Untuk mengatasi anak Bunda yang susah makan atau kurang nafsu makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

        * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Bunda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Bunda yang paling dekat dengan anak Bunda.

        * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Bunda, penting bagi orang tua untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Bunda.

        * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Bunda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

        * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Bunda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Bunda atau orang yang biasa menyuapi anak Bunda..

        * Pintar-pintarlah Bunda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

        * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

        * Memberi contoh – pada bayi atau balita Bunda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Bunda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

        * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

        * Jika bayi Bunda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Bunda akan berterima kasih suatu hari nanti !

        Sebenarnya, kembung atau “Masuk angin” merupakan gejala penyakit yang masih harus dicari diagnosisnya secara lebih mendalam. “Masuk angin” masih merupakan gejala awal dari suatu penyakit..

        Berikan kehangatan dan teruslah memberikan ASI. Bisa saja jika bayi Anda sensitif dengan beberapa makanan Bundanya, misal jika bundanya makan makanan yang mengundang kembung maka bayi Anda akan merasa tidak enak perutnya.. Sayuran yang mengandung gas tersebut, seperti kol dan kembang kol. ;)

  5. Lia January 1, 2013 at 2:13 am #

    Dear Tipsbayi…

    Saya baca jadwal pemberian mpasi pada bayi yg tips infokan..yg mau saya tanyakan:
    1. Gmn kalo jdwl nya : bgn shubuh asi (biasa bayi saya bgn shubuh,2jam kmudian tdr lg.lalu bgn lagi saya kasih pure buah,bukan bubur susu. Tidak apa-apa kah?
    2. Bayi 6bln mpasi nya buah2an aja tanpa bubur susu bgmn?baca2 milis lainnya,disarankan mengkonsumsi mknn yg lunak spy mudah tercerna bayi. Apalagi mesti test alergi kan?bukannya sebaiknnya dlm sehari dikasih mkanan tunggal dahulu agar tahu jika bayi kena alergi?
    Kemudian bln 7 dikasih bubur saring.
    Gmn tips?
    Saya takut bayi saya susah bab..soalnya sekarang udah jarang bab (5bln).sjk usianya 5bln,babnya jd 10hari sekali..saya masih ASI eksklusif.
    3. Pemberian pure buah,bubur jika ditambah air matang saja gmn?saya coba perah asi tp sdikiit,kira2 cm 50ml :(
    Anak saya 5,5bln baru 6kg (bb 6kg,pb 63cm,lk 40cm)
    trims tips,dibalas yaaa..

    • tips-bayi January 5, 2013 at 2:26 am #

      Lia,

      1. Tidak apa-apa.. Untuk jadwal bagaimana kesiapan dan kebiasaan..

      2. Untuk makanan pertamanya Bunda bisa kenalkan bubur susu atau pure buatan Bunda sendiri.. Usahakan rasanya tidak terlalu jauh dari rasa makanan pokok sebelumnya ASI..

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Bunda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain.. Benar, berikan MPASI dengan bahan dasar tunggal agar bisa diketahui dengan mudah efek makanannya..

      Ada baiknya Bunda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan..
      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

      3. ASI Bunda kurang..? Meskipun ASI Bunda kurang, susukan dan perahlah terus . Produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Yang tidak kalah pentingnya : Anda harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI.

      Untuk campuran MPASI lebih baik sufor dari pada hanya air putih saja.. ;-)

  6. riry_husni July 21, 2012 at 3:03 am #

    hai…aku mw tny..bayiqu (6bln)dah 2hr ini coba MPASI.aku buat tepung beras merah sendiri,,cuma aku bingung cara penyajiannya..aku cuma campur tepung gasol nya dgn air hangat,aku masak sebentar trus aku kasih ASIP lagi biar encer..tapi kok bayiku kaya ga mw mkn malah di sembur2,,aku coba rasanya hambar yah..
    punya solusi ga gmn ngatasinnya?trus cara penyajian MPASI yg benar bgmana?
    terima kasih

    • tips-bayi August 14, 2012 at 2:00 am #

      @ riry_husni,

      Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian) Buat rasanya mendekati rasa ASI

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Anda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan.. ;-)

      Perkenalkan MPASI secara bertahap..

  7. hami June 28, 2012 at 4:11 am #

    Info ini sangat bermanfaat sekali bagi kami..

    Terima Kasih

  8. Emma June 28, 2012 at 4:10 am #

    Siang..

    Berbahayakan kalo bayi umur 8bulan terlalu banyak mengkonsumsi vit A ? Karena dalam beras merah saya campurkan bayam, wortel, labu kuning.. 3 hari lalu koq telapak tangan dan ujung hidung nya agak kekuning2an.. lalu saya hentikan konsumsi wortel dan bayamnya..

    Mohon Info nya.. Terima Kasih

    http://www.everestza.blogspot.

  9. shinta April 18, 2012 at 12:20 pm #

    Ikut gabung ya para bunda ….^^

    Bayiku udah 4bln lbh,,dr sejak lahir ampe skrg g ksh asi,waktu 3bln lbh prnh coba ksh sufr,,mlh ujung”na muntah,itu jg muntah bkn krn sufor tpi krn ?äª? terbiasa a??ã dot botol…jdi na g suapin sufor pk sendok, mula” ksh pling 10ml,,tenyata mlh ?äª? cocok a??ã merk sufor ini, coz bab na putih…..
    Permasalahan na…gimn supaya bayi ku mau isap dot botol, (pernah g perah asi masukin ke botol, hasil na tetap aja bayi ku muntah)…..coz g pingin ksi mpasi (sufor),,berat bayi ku jg kurang, injak 4bln baru 5,2kg ,,,,
    Apa 4bln lbh bole makan bubur susu???
    Thx

    • tips-bayi April 22, 2012 at 3:44 am #

      @ shinta,

      Gak mau dot ya..? Anda harus mencari bentuk dot yang cocok untuk bayi Anda dan membiasakannya.

      BB bayi Anda juga NORMAL.. karena termasuk 80% BB normal untuk bayi Indonesia..

      Bayi Anda sudah 4 bulan ya..? Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Untuk makanan pertamanya sebaiknya bubur susu atau pure buatan Anda sendiri.. Usahakan rasanya tidak terlalu jauh dari rasa makanan pokok sebelumnya ASI..

      Bubur susu.. Anda bisa membuat bubur susu sendiri dari tepung beras putih/ merah..

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Anda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan.. ;-)
      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

  10. mama alvin April 9, 2012 at 1:09 am #

    Pa benar bayi yg diberi kipas akan dpt mengakibatkn paru2 basah pd bayi, benarkh?gmn cara mggunakn kipas pd bayi?

    • tips-bayi April 16, 2012 at 4:46 am #

      @ mama alvin,

      Anda tinggal di daerah panas..?

      Tidak apa-apa Anda gunakan kipas, AC, atau cooler.. asalkan diperhatikan agar bayi Anda tidak terkena hembusan langsung kipas angin atau AC yang sedang dipasang.

      Selain itu, sebaiknya Anda memperhatikan juga kebersihan AC maupun kipas angin dengan membersihkannya secara teratur. Sebab, kotoran atau debu dari kipas atau AC itulah justru yang menyebabkan tidak sehat.. ;-)

      Ya jelas lebih baik tanpa AC atau kipas.. Alami itu lebih baik, maka buatlah fentilasi ruangan sebaik mungkin.. ;-)

  11. mama alvin April 1, 2012 at 3:14 pm #

    Thanks y..tp pa x bkurag giziny jika disimpan trlalu lama dlm majic coz sy masakny pagi,trus lagsung sy simpn dlm majic agr slalu hangat,

    • tips-bayi April 4, 2012 at 2:14 am #

      @ mama alvin,

      Memang kwalitasnya sedikit berbeda dengan yang fresh langsung Anda buat.. ;-)
      Akan tetapi masih cukup baik dan bisa Anda berikan pada buah hati Anda..

  12. mama alvin March 14, 2012 at 3:46 pm #

    Hai tips senang bisa bgabung.. tips ada cara lain ga bt simpan makanan bayi coz sy ga pny kulkas;mohon donk tipsny..pa ikan blom bisa dikasi ma bayi 7 bln y??

    • tips-bayi March 20, 2012 at 1:32 am #

      @ mama alvin,

      Kalau hanya untuk 2 kali makan saja atau untuk disajikan sore hari, Anda boleh menyimpannya dalam magic jar.. ;-)

      Ikan.. Selain tinggi protein, ikan memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat bagi pembentukan otak bayi. Ikan baik ikan air tawar maupun ikan laut seperti tuna, tengiri, makarel, dan kakap besar dapat diberikan kepada bayi Anda bila sudah berusia 9 bulan ke atas..

      Ikan, terutama yang bertulang, dikenal sebagai pencetus alergi pada bayi. Bahkan seringkali dianjurkan untuk memberikan ikan hanya jika bayi berusia 1 tahun. Ada yang menyarankan untuk menunggu hingga usia 3 tahun. Namun ada juga yang menyatakan bahwa ikan aman dikonsumsi bayi berusia 9-10 bulan. Alasan lain menunda pemberian ikan pada bayi adalah kandungan merkuri yang mungkin terdapat pada ikan. Saat pertama kali mengenalkan ikan, penting untuk memilih tipe ikan berdaging putih. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter anak Anda sebelum Anda memberikan ikan, terutama kerang-kerangan..

      Anda bisa memberikan daging, hati ayam, tahu, tempe.

      Untuk mencoba fariasi makanannya bisa Anda kunjungi:

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

  13. nana March 14, 2012 at 2:34 am #

    anak saya susah sekali makan nya bagai mana cara supaya anak saya doyan makan dan lahap?

    • tips-bayi March 14, 2012 at 3:18 pm #

      @ nana,

      Berapa bulan usia bayi Anda.. ?

      Selain memberikan menu yang variatif .. Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan anak Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi anak Anda..

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Anda akan berterima kasih suatu hari nanti ! ;-)

  14. Vee March 7, 2012 at 3:24 am #

    bayi aku umur 5 bulan, 3 hari ini udah mulai makan bubur tepung beras merah karena dia aktfi bgt jd ASI saja sudah tidak mencukupi kebutuhannya. nah… aku bingung nih, jadwal makannya itu gimana? trus buburnya sudah boleh dicampur sayuran atau lauk2 ga? trm kasih sebelumnya..

    • tips-bayi March 13, 2012 at 2:16 am #

      @ Vee,

      Contoh Jadwal Makan dan Minum Susu Bayi USIA 6- 8 BULAN :

      05.00 – 06.00 ASI – SUSU 150-180 CC (lebih baik ASI)
      08.00 BUBUR SUSU 6-9 SENDOK MAKAN (SDM)
      11.00 JUICE ATAU BUAH 75-125 CC, 6-8 SDM
      13.00 NASI TIM SARING 6-8 SDM
      15.00 ASI- 150-180 CC
      16.00 BUBUR SUSU/ BISKUIT 1-3 KEPING
      18.00 BUBUR SUSU, USIA 7 BULAN DIGANTI NASI TIM SARING 6-8 SDM
      21.00 – 22.00 ASI 150-180 CC
      22.00 – 06.00 UNTUK BAYI YANG DIBERI SUFOR : BILA BERAT BADAN NORMAL DAN JUMLAH MINUM SUSU SIANG HARI BANYAK (120-180) CC TIAP MNUM) SEBAIKNYA MALAM HARI TIDAK MINUM SUSU BILA BERAT BADAN KURANG, MINUM SUSU SIANG SEDIKIT (120 CC TIAP MINUM SUSU), DIANJURKAN MINUM SUSU MALAM HARI 2-3 KALI..

      Agar bayi Anda tidak kaget dengan rasa makanan barunya, sebaiknya Anda mencampurkan ASI lebih banyak lagi ke dalam makanannya. Usahakan rasanya tidak terlalu jauh dari rasa makanan pokok sebelumnya ASI..

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain.. Jika selanjutnya tidak ada efek negatif maka Anda sudah boleh mencampurkan sayuran ke dalam MPASI-nya satu jenis setiap variasi MPASI-nya..

      Ikan..
      Ikan.. Selain tinggi protein, ikan memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat bagi pembentukan otak bayi. Ikan baik ikan air tawar maupun ikan laut seperti tuna, tengiri, makarel, dan kakap besar dapat diberikan kepada bayi Anda bila sudah berusia 9 bulan ke atas..

      Ikan, terutama yang bertulang, dikenal sebagai pencetus alergi pada bayi. Bahkan seringkali dianjurkan untuk memberikan ikan hanya jika bayi berusia 1 tahun. Ada yang menyarankan untuk menunggu hingga usia 3 tahun. Namun ada juga yang menyatakan bahwa ikan aman dikonsumsi bayi berusia 9-10 bulan. Alasan lain menunda pemberian ikan pada bayi adalah kandungan merkuri yang mungkin terdapat pada ikan. Saat pertama kali mengenalkan ikan, penting untuk memilih tipe ikan berdaging putih. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter anak Anda sebelum Anda memberikan ikan, terutama kerang-kerangan..

      Anda bisa memberikan daging, hati ayam, tahu, tempe.

      Untuk mencoba fariasi makanannya bisa Anda kunjungi:

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

  15. gasol February 13, 2012 at 1:03 am #

    Resep yang kreatif…. makasih

    • tips-bayi February 13, 2012 at 3:09 am #

      @ gasol,

      Hmm.. sama-sama.. ;-)

  16. fatma February 1, 2012 at 9:58 am #

    kenapa bayi yang ber umur di bawah 6 bulan,,tidak di perbolehkan makan selain susu

    • tips-bayi February 6, 2012 at 4:01 am #

      @ fatma,

      - Sistem pencernaan bayi pada umur segitu belum sempurna dan belum siap menerima makanan padat..
      - Salah satu penyebab utama obesitas pada bayi adalah pemberian makanan sebelum usianya 6 bulan. Jadi, jika memang ASI Anda cukup, sebenarnya belum perlu memberinya makanan (MPASI) sebelum usia 6 bulan.. ;-)

  17. harapan bundaku December 29, 2011 at 10:32 pm #

    artikelny sangat bermanfaat bagi ibu muda
    seperti saya.. maksih bnyak

    • tips-bayi January 5, 2012 at 3:54 am #

      @ harapan bundaku,

      Sama-sama.. terima kasih juga untuk Anda karena sudah bergabung.. ;-)

  18. tipsbayi October 13, 2011 at 9:12 am #

    @Mama Zilla,

    Boleh saja. Untuk wortel 2-3x seminggu tidak mengapa untuk bayi diatas 6 bulan. Untuk mengurangi resiko yang disebabkan nitrat, Anda bisa membeli sayuran organik.

  19. nining October 7, 2011 at 2:46 am #

    resep diatas kan buat 2 porsi ya tips, na klo yang 1 porsi sy kasihkan pagi trus yg 1 porsi lg dikshkan buat mkn siang bs tahan gak ato hrs disimpen di kulkas, trus sufornya dicampur skalian ato pas mau diberikan aja, tq

  20. Mama Zilla September 27, 2011 at 5:03 am #

    kl saya pakai tepung beras merah gasol boleh nga?? atau buat sendiri? trs saya ada baca wortel mengandung nitrat, baik nya dalam seminggu brp kali kita kasih bubur di kombinasi dgn wortel. Kebetulan anak saya kl di kasih pure wortel tidak suka, tapi kl di campur dengan bubur bayi dia suka

  21. jatu September 22, 2011 at 2:27 am #

    misalkan beras merah diganti dengan beras putih,,bisa nggak Tips?????

    • tipsbayi September 24, 2011 at 8:21 am #

      @ Jatu: Boleh saja dicoba…

  22. dita September 12, 2011 at 1:01 am #

    hai…salam kenal yah..fathia anak saya (6 bln tgl 13 sept 2011)sudah mulai sy berikan MPASI bubur tepung beras putih campur asi..kebetulan tepung beras nya sy beli di supermarket yg murni tanpa pengawet..resepnya mirip dengan yg di atas minus wortel..yg pengen sy tanyain..pertama kok setelah dicampur asi buburnya makin lama jd tambah cair gitu yah, padahal asi nya hanya 30cc..apa memang harus langsung diberikan? ato kekentalan bubur tepungnya harus segimana? kedua, apa boleh wortelnya sy ganti dgn zuchini? tx yah

  23. mita September 11, 2011 at 5:14 am #

    Asslm tips bayi,mau menyakan untuk mempersingkat waktu bikin bubur bayi di atas kompor apa bisa sy pake nasi yg sudah matang,trus urutan dan cara membuatnya bagaimana ya? setelah itu sy simpan Di kulkas trus sy masukkan majigjar Kalo mau makan,aman tdk y? trimakasih tips bayi,mhon maaf ptanyaannya awam bget mhon dimaklumi ya,,hehe,trimksh…wasslm

  24. afifah August 14, 2011 at 3:01 pm #

    Dear tips bayi maaf saya msh kurang jelas dgn cara memlarutkan tepung beras yg sdh dicampur air dan dimasak, apakah masak yg dsni bermaksud memasak bubur bayi menggunakan teplon biasa dulu baru stlh masak dipindah di tmpt mkn bayi klo memang seperti tu apa2 ciri2 tepung beras sudah matang dan sebalikna klo bukan tlg dijelaskan cara memasakna apa dgn teplon biasa atau gmn ??tolong djwb secepatnya tips bayi cz bln depan anak saya sdh 6bln n akan saya mulai dgn mpasi buatan sndri dan tlg jwb jg petanyaan saya yg sblmnya thanks

  25. afifah August 14, 2011 at 3:00 pm #

    Dear tips bayi maaf saya msh kurang jelas dgn cara memlarutkan tepung beras yg sdh dicampur air dan dimasak, apakah masak yg dsni bermaksud memasak bubur bayi menggunakan teplon biasa dulu baru stlh masak dipindah di tmpt mkn bayi klo memang seperti tu apa2 ciri2 tepung beras sudah matang dan sebalikna klo bukan tlg dijelaskan cara memasakna apa dgn teplon biasa atau gmn tolong djwb secepatnya tips bayi cz bln depan anak saya sdh 6bln n akan saya mulai dgn mpasi buatan sndri dan tlg jwb jg petanyaan saya yg sblmnya thanks

  26. afifah August 14, 2011 at 3:34 am #

    Aslmkm tips bayi,,,
    sy senang skali membaca artikel2 di tips bayi karena sangat berguna bagi ibu baru sperti saya ini.anak saya tgl5 bln dpn genap 6 bln dan saya berniat memberi mpasi dgn membuat sendiri, tp saya msh bingung cara membuat tepung beras, yg saya bingung brp lama waktu tuk mensangrai beras sehabis drendam tersebut??dan kuat brp hari tepung beras kalo dletakkan dikulkas?trus tips bagaimana klo membuat resep bubur beras brokoli dan bisa tahan brp lama apbila qt bekukan di frezer?tolong djawab satu persatu ya dan saya tunggu jawabannya tips bayi terima kasih.

    • tipsbayi August 24, 2011 at 2:00 am #

      @ afifah,

      Wa’alaikumussalam..
      Kami juga senang Anda bisa bergabung bersama kami di sini.. ;-)

      1. Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:
      Anda bisa menggunakan panci apa saja.. ;-)
      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      2. Untuk tepung beras buatan sendiri asal penyimpanannya ditempat kedap udara yang rapat bisa tahan berminggu-minggu, tetapi sebaiknya Anda buat jangan terlalu banyak. Anda bisa sediakan tepung untuk persediaan satu atau dua minggu, karena tepung buatan sendiri tidak memakai bahan pengawet perlu lebih fresh biar rasanya terjaga.

      3. Ada baiknya Anda kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

  27. Mirna June 22, 2011 at 3:07 am #

    Asmikum tips . .
    sy antusias skali membaca artikel2 di tips bayi nie coz sy dah jd ibu . .
    skrg khanza dah 6 bln sy dah beri bu2r beras yg sy buat sndiri bener ga ya seperti ini . . ?!
    3sdt munjung tepung beras
    3centung sufor
    90ml air matang
    1sdt peres gula
    garam dikit
    semuanya dimasak diatas api kecil
    saya pernah coba tanpa gula dan garam tapi ga da rasa apa2 . .
    enaknya pengganti gula untuk rasa manis pa yaw . . ?!

    • tipsbayi July 5, 2011 at 3:44 am #

      @ Mirna,

      Untuk rasa MPASI sebaiknya jangan terlalu jauh dengan rasa makanan pokok sebelumnya, yaitu ASI.. Jadi sebaiknya untuk perasa manisnya cukup manis sufor atau ASI.. Bukan manis ukuran kita.. ;-)

      Pengganti garam agar gurih bisa Anda gunakan kaldu atau keju..

      Untuk panduan membuat makanan bayi dan menunya, Anda bisa lihat di:

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

  28. mama zallica May 24, 2011 at 3:34 am #

    nak saya zha umur 7 bulan…dia suka banget sama wortel,,,klo tiap hari di kasih wortel apa gpp? saya takut ada resikonya….trz klosaya kasih telor boleh g? klo boleh baiknya setengh mtang apa sampai matang?

    • tipsbayi June 8, 2011 at 1:47 am #

      @ mama zallica,

      Wortel boleh saja Andaberikan tiap hari, akan tetapi jika Anda bisa memberikan berfariasi akan lebih baik lagi.. ;-)
      Semua sayuran sudah boleh Anda berikan, sayuran lima warna. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi Anda dianjurkan 5 porsi kecil setiap hari (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

      Anda sudah boleh memberikan telur, berikan telur matang.. Ada dua tips merebus telur:

      Pertama, dengan melubangi salah satu ujung telur. Bentuk telur yang lonjong biasanya memiliki dua ujung, satu lancip, lainnya agak membulat. Pilihlah ujung yang bulat dan tusuk dengan sebuah jarum. Lubang ini memungkinkan isi telur berkembang, dan tidak retak. Masukkan telur ke dalam air yang setengah mendidih, bukan mendidih penuh, dan rebus selama tiga menit.

      Kedua, tempatkan telur dalam panci berisi air dan tutup. Jangan rebus bersamaan lebih dari 12 butir. Pastikan panci berukuran besar, sehingga telur matang merata. Panas kompor tinggi. Bedanya, telur sudah dimasukkan saat air sama sekali belum mendidih.

      Segera setelah air mendidih, buka tutup panci, biarkan telur didalamnya air panas itu selama 15 menit. Lalu, keringkan dan tempatkan dalam sebuah mangkuk besar berisi air es. Dinginkan telur dengan cepat. Lebih cepat lebih baik karena akan mencegah kuning telur berwarna hijau. Tambahkan es jika meleleh sebab telur harus benar-benar dingin dalam 20-30 menit. Untuk mengupas kulit telur, jangan keluarkan telur dari air es tadi sampai semua kulitnya mengelupas.. ;-)

  29. Ummu Musa March 30, 2011 at 9:55 am #

    Assalamu’alaikum tips..
    seneng d ketemu web ini.. bulan depan insyaAllah musa sdh 6bln da rencananya MPASInya mau buat sendiri. tapi saya mau tanya jika bubur susu yang dibuat pagi hari tidak habis bolehkah diberikan lagi pada siang hari atau sore harinya? bagaimana cara penyimpanan yang baik?
    dtunggu jawabannya yah.. trims.

  30. shannon k March 25, 2011 at 2:39 pm #

    ikan laut apa saja yg bisa jd pencetus alaergi cz my girl(8m3w) alaergi tp doyn bagt ma ikan gimana dunk mohon resep yg ada ikannx?

    • tipsbayi April 7, 2011 at 2:22 am #

      @ shannon k,

      Jika memang alergi pada ikan laut, maka dapat dipastikan semua jenis ikan laut bisa jadi pencetus alerginya. Meskipun demikian terkadang juga tidak sama. Ada juga yang hanya alergi terhadap beberapa ikan saja..

      Alergi pada anak memang bukan suatu penyakit. Alergi adalah reaksi hipersensitivas tubuh terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing atau berbahaya. Reaksi alergi biasanya muncul bila anak memiliki kecenderungan bawaan (genetik).. Jangan khawatir jika itu alergi tidak berbahaya..

      Anda jangan khawatir, kasus alergi umumnya akan hilang saat anak berusia satu tahun ke atas atau sudah berusia 15 tahun.. ;-)

  31. tipsbayi March 24, 2011 at 2:18 am #

    @ Mayridha,

    Selamat bergabung :)

    @ ummu Uqbah,

    Silahkan Anda baca artikel http://www.tipsbayi.com/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan.html dan perhatikan langkah-langkah dalam memberikan MPASI serta hal-hal yang perlu Anda amati…

  32. ummu uqbah March 21, 2011 at 4:36 pm #

    assalamu’alaikum tips, ikutan gabung jg ya..!infonya sangat bermanfaat terutma bagi ibu yg baru pertama kali punya baby kayak aq
    oh ya, skalian tanya. anakq skg baru 5bln tp sdh mlai tk kasih MPASI krn saat qtinggal krja dia g bgtu mau dg sufor, dri jm7 pgi smpe jm12 siang maxmal cm 2btol sufor 60ml,produksi asi g bgtu bnyk shg g bisa mnyiapkan cadangan asi perah, krn kasian akhirnya mau qberikan MPASI.gmn, gpp ya?kmrn br q bri pisang yg dilumatkn krn msh g punya ilmu tuk bwt bubur .trims atas infox

  33. MAYRIDHA February 20, 2011 at 4:53 pm #

    ass. tips ? q mama Daffa 5 bln, ikutan gabung y, informasinya berguna bgt bwt q

  34. mami yumna January 26, 2011 at 6:58 am #

    Dear tips
    Bubur saring tepatx dberikan sejak usia brp bln yh? Bayiku 7bln msh mkn bubur tp
    Agak kental.ikan dan telur jg dberikn sejak usia brpa bln? Thx tips

    • tipsbayi February 4, 2011 at 8:22 am #

      @ mami yumna,

      Bubur saring ya..? Sebaiknya Anda baca artikel selengkapnya yang berkaitan pengenalan MPASI pertama untuk bayi di:

      http://www.tipsbayi.com/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan.html

      Telur bisa diberikan kepada bayi sejak umur 6 bulan, tetapi pemberiannya bagian kuning terlebih dahulu karena bagian putih telur dapat memicu reaksi alergi pada sebagian bayi.. Ingat telurnya matang ya.. ;-)

      Ikan, baik ikan air tawar maupun ikan laut seperti tuna, tengiri, makarel, dan kakap besar dapat diberikan kepada bayi Anda bila sudah berusia 9 bulan ke atas. Pengolahannya bisa ditim, dipanggang, ditumis, atau dipepes.. ;-)

  35. Ikutan gabung January 8, 2011 at 3:16 am #

    wiwit.setyastuti@yahoo.com

  36. umi ubay December 29, 2010 at 4:17 am #

    assalamu’alaikum ,
    -tips.,artikel untuk perkembangan bayi 12 bln ada g y,.
    -o y tips saya mau mendaftar ulang di kontak tips bayi krn diminta beberapa waktu yg lalu melalui email, bagaimana caranya
    - saya ingin mendapatkan ebook batita cerdas, bagaimana caranya,.
    terimakasih atas jawabannya tips, karena sangat berguna bagi saya

    • tipsbayi January 4, 2011 at 1:27 am #

      @ umi ubay,

      Wa’alaikum salam..

      # Untuk artikel “Perkembangan Bayi 12 Bulan” belum ada ya..? Baiklah tunggu saja ya.. ;-)
      # Untuk daftar ulang, Anda bisa klik link ini: http://www.tipsbayi.com/masihminat.html
      # Untuk mendapatkan batita cerdas, saya kirim caranya ke email Anda ya.. ;-)

  37. Efrilia December 24, 2010 at 4:33 pm #

    hai tips…
    jawaban artikel ku koq,trputus ya…
    thanks

  38. irma December 22, 2010 at 9:05 am #

    Hi tips, mo ty anakku cowoq 7 bln 8 hr, cek terakhir pas 6 bln bb 7.6kg tb 67cm, apakah normal? terus kalo kasih makanan tambahan apa boleh sesuka dia (maksudnya kalo masih laper dikasih aja) Asi tp kadang” kalo kurang ditambah sufor.Dan di ujung bibir ada putih” tadinya bekas bintik” merah, apa obatnya ya?
    Thanx ya…

    • tipsbayi December 27, 2010 at 9:59 am #

      @ irma,

      Wah bayi Anda berat dan tingginya IDEAL dengan usianya.. Apabila Anda memberikan MPASI dan terlihat masih lapar, boleh Anda berikan lagi. Asal berikan sesuai dengan jadwalnya..

      Bibir putih.. apa bayi Anda rewel? Bila rewel kemungkinan sariawan.. Sariawan pada bayi umumnya disebabkan oleh jamur.. Sebetulnya sariawan bisa sembuh sendiri. Namun sariawan karena jamur harus diobati dengan obat anti-jamur. Biasanya memakan waktu penyembuhan sekitar seminggu.

      Maka apabila demikian, saat memberi makan sebaiknya Anda suapi dengan sendok secara perlahan-lahan. Usahakan memberi minum dengan gelas, jangan dengan botol. Hal ini untuk menghindari kontak langsung dengan sariawan agar tidak menimbulkan gesekan dan trauma. Berikan terus ASI..

      Makanan pun sebaiknya yang lembut atau cair. Prinsipnya, yang mudah ditelan dan suapi setelah makanan agak dingin agar tak menambah luka. Makanan yang banyak mengandung vitamin C dan B dapat mempercepat proses penyembuhan, misalnya buah-buahan dan sayuran hijau. Sedangkan kekurangan vitamin C bisa mempermudah timbulnya kembali sariawan..

      Semoga lekas sembuh.. ;-)

  39. yuli December 18, 2010 at 8:58 am #

    ass tips. cewek kecil q berumur 8,5 bulan tp g mau makan nasi tim saring, tiap kali makan mesti muntah, sukanya bubur susu or bubur buah. kasih solusinya dong…………….

    • tipsbayi December 27, 2010 at 9:37 am #

      @ yuli,

      Wa’alaikum salam..
      Putri Anda sudah 8,5 bulan ya.. memang seharusnya tekstur makanannya sudah mulai tim tanpa saring yang nantinya mendekati nasi lembek.. ;-)
      Akan tetapi tidak mengapa, rubahlah saja kekentalan bubur susunya secara bertahap mulai dari sekarang sekarang. Berikan cemilan-cemilan lain berbentuk “finger food” agar puteri Anda terbiasa dengan makanan sedikit kasar..

  40. Rara December 11, 2010 at 2:34 pm #

    Hai tips
    saya mau nax nih?anak saya berumur hampir 2 tahun tp susah makanx gimanaya caranya agar dia lahap makan nya? N apa anak seusia ini harus mkn dlm se hari ?.dia banyak makan kalo di kasi bubur,bagi resepnya dong agar aku bisa bikinkan bubur yang enak buat anak ku.makasi banyak ya..,

    • tipsbayi December 27, 2010 at 12:40 am #

      @ Rara,

      Mohon maaf baru balas nih.. ;-)
      Makannya sudah bukan bubur kan..? Tapi kalau diberi bubur bayi Anda senang.. itu tidak masalah, yang penting bayi Anda mendapatkan asupan yang cukup. Walaupun demikian Anda rubah secara bertahap tekstur buburnya..

      Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan
      bayi Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan
      apa yang tidak disukai bayi Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan
      merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda.. :-)

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      Untuk mendorong anak Anda makan makanan yang bervariasi, Anda bisa mencoba:

      • Membuat makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      • Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      • Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      • Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikitsedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya.
      Ini adalah proses yang panjang, namun bayi Anda akan berterima kasih suatu hari nanti!

  41. Ny. AKSEL_PATIENCE December 3, 2010 at 9:44 am #

    NEW VISITOR

    • tipsbayi December 7, 2010 at 6:52 am #

      @ Ny. AKSEL_PATIENCE,

      Selamat bergabung.. ;-)

  42. Efrilia December 1, 2010 at 4:34 pm #

    Hai Tips…

    Sbntar lg anak saya akan memasuki usia 8 bln,boleh kah stiap hari kt memberikan keju,dgn potongan kcil di stiap mkn siang dan sore nya…
    anak sy sgt menyukai bu2r buatan sndiri dgn di campur dgn keju Cheddar,krn saat ini sy blm mpergunakan garam…. dan anak sy jg sgt menyukai kaki ayam ( ceker ), bgus tdk utk perkembangan nya,biasa nya sy rebus hingga lunak dan dging ceker sy ambil dan di cmpur dgn bubur..
    oh iya Tips, koq anak sy blm tumbuh gigi ya?
    tlg donk tips,ksh resep dgn Menu dr Havermuth…
    Trma ksh Tips

    • tipsbayi December 7, 2010 at 6:32 am #

      @ Efrilia

      Bagus sekali bayi Anda menyukai MPASI buatan Anda sendiri.. Anda boleh berikan keju maksimal 2 lembar dalam satu hari, jadi Anda memberikan 1 lembar setiap hari tidak berlebihan.. Untuk lebih mengetahui bagaimana pemberian keju untuk bayi, maka sebaiknya Anda baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/pemberian-keju-untuk-bayi-boleh-tidak.html

      Ceker ayam bagus untuk perkembangan bayi Anda.. Anda tidak perlu mencari vitamin agar gigi bayi Anda tumbuh cepat. Perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Termasuk pertumbuhan gigi. Pada setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan gigi yang sama, meskipun kakak beradik sekalipun. Faktor keturunan sangat berpengaruh..

      Mungkin Anda dan/atau suami Anda pun memiliki sejarah yang sama dengan bayi Anda… :-)

      Apabila pada usia 14 bulan belum ada tanda tumbuh gigi barulah Anda konsultasi dengan dokter ahli gigi..

      Resep makanan bayi dari havermuth tunggu saja ya..

  43. Aurelea November 28, 2010 at 9:17 am #

    Tips bayi sy mw nanya nie.baby sy skrg umur 7bln jalan 8 bulan tgl 13 nti.skrg dia udh makan bubur saring+wortel+tomat+ kentang.gak pa2 ya dia konsumsi wortel tiap hr???kdg aq selang seling hr ini gak pk wortel tp kentang bgtu selanjutnya.

    • tipsbayi November 30, 2010 at 4:00 pm #

      @ Aurelea,

      Kalau memang bayi Anda senang.. tidak apa-apa.. Akan tetapi memang sebaiknya Anda

      variasikan agar bayi Anda tidak cepat bosan dan sumber gizi yang diberikan pada bayi

      Anda lebih lengkap.

      Dan agar bayi Anda mendapat asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang

      SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur

      karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.. ;-)

  44. Navita November 20, 2010 at 6:10 am #

    Anak saya bentar lg 6 bulan dan mau saya beri mpasi pertama kalinya. Saya selalu berusaha cari2 info ttg mpasi pertama yg dberikan pd bayi. Ada yg bilang bubur susu dulu yg agak encer. Tapi tetangga saya bilang langsung kasih tim aja. Saya jadi bingung. Tolong dong kasih sarannya ya. Saya masih ibu baru dan jauh dr ortu juga. Makasih ya.

  45. nita November 11, 2010 at 10:22 am #

    PLEASE HELP tips bayi,

    Saya ibunya Syifa yg bertanya diatas. Tips, ternyata beberapa hari stlah itu bayi saya demam tinggi. Pup nya 15 kali sehari. Kdg encer kdg padat. Setelah itu pupnya menjadi lendir hijau terang dengan darah. Kami bw syifa ke dokter, katanya syifa alergi sufor. Padahal sufor udah saya kenalkan dari 2 minggu sebelumnya. 2 hari keadaannya sama terus, bahkan syifa udah lemaaas sekali. Sampai 3 kali ganti dokter, dokter yg ke3 meresepkan metronidazol dan menstop semua mpasi. Hanya asi saja katanya. Alhamdulillah, skrg syifa sdh baikan tapi msh blm boleh makan. Hanya saja diberikan susu kedelai sbg ganti sufornya.

    Mohon bantuan tips, apakah bayi saya memang alergi? Tapi alergi apa? Smentara kaldu sapi memang sdh dihentikan. Apakah memang sufornya? Apakah bs reaksi alerginya muncul stlh 2 minggu diberi sufor?

    Tolong ya tips.. Atas bantuannya saya berterimakasih sekali. Jazakallah..

    • tipsbayi November 16, 2010 at 4:15 am #

      @ nita,

      Benar.. Memang sepertinya Syifa alergi susu sapi. Kalau demikian, tetap saja jika Anda ganti sufornya selama masih sufor dari susu sapi. Reaksi alergi bisa saja munculnya lambat. Tapi.. Anda jangan khawatir, kasus alergi umumnya akan hilang saat anak berusia satu tahun ke atas atau sudah berusia 15 tahun. Menurut data, sebanyak 56 persen bayi yang se belumnya menderita alergi susu, sudah menjadi toleran ketika berumur satu tahun. Sedangkan pada umur 15 tahun, 95 persen anak sudah tidak menderita alergi susu lagi..

      Banyak penilitian yang menyatakan untuk mencegah alergi adalah dengan menyusu selama enam bulan eksklusif dan setelah itu tetap melanjutkan menyusu secara jangka panjang. Maka sebaiknya Anda pertahankan pemberian ASI pada bayi Anda.. ;-)

      Saran kami untuk mengantisipasi alergi, untuk sementara hidari saja dulu perkiraan pencetus alerginya (ganti sufornya dengan susu kedelai atau berikan ASI saja)..

  46. Anonymous November 5, 2010 at 5:22 am #

    Dear Tips, thanks bgt buat info2nya, sgt membantu khususnya buat new mom sperti saya. Anak saya Zio dah mulai mkn (6 bln 1 mg). Tuk jamin makanan zio saya berusaha buat bubur sendiri. krn saya kerja, tuk menghemat waktu saya buat tepung beras merah, dengan cara merendam beras lalu meniriskan, memblender dan akhirnya di sangrai agar tidak basi. Tp knapa ya koq pup Zio jadi keras stlh mkn bubur ini? apa cara pembuatan tepungnya salah? mohon ya Tips cara membuat tepung beras yg benar… trims

    • tipsbayi November 8, 2010 at 3:47 am #

      @ Anonymous,

      Pembuatan tepung berasnya sudah benar. Meskipun ada juga yang dibalik prosesnya, yaitu disangrai dulu baru diblender..

      Belum tentu pup Zio keras karena tidak cocok pada tepung beras merah. Bisa saja proses pembuatan buburnya belum sempurna atau belum matang. Maka Anda harus telaten dan sabar dalam pembuatan bubur untuk Zio.. ;-)

      Bisa juga tidak cocok dengan sufornya, maka Anda bisa menggunakan ASI sebagai susu campuran MPASI-nya. Penyajian sufor terlalu kental juga bisa mengakibatkan pup keras.

      Sudahkah Zio diberikan jadwal makan buah..?

      Ingat juga, hal yang wajar apabila setelah bayi Anda mendapatkan MPASI, frekuensi BAB dan bentujk pup bayi Anda berbeda..

  47. Nita October 29, 2010 at 4:15 pm #

    Ups kelupaan, satu lagi nih! Apa sih sbnrnya beda antara bubur dengan tim? Saya bingung nih, maklum lah baru jd ibu2! Makasih ya….

    • tipsbayi November 4, 2010 at 1:59 am #

      @ Nita,

      Mungkin maksudnya bubur dengan nasi tim ya.. Dari teksturnya sudah berbeda.. ;-)
      Bubur lebih cair dibanding dengan nasi tim, tentunya proses pembuatannya berbeda juga.. Nasi tim diberikan pada bayi yang sudah berusia 9 – 12 bulan

  48. Nita October 29, 2010 at 3:33 pm #

    Dear tips bayi,
    Saya senang sekali dgn adanya website ini. Banyak sekali pengetahuan ttg bayi yg saya dptkan.
    Skrg saya mau tanya nih, bayi saya, syifa, umurnya genap 7 bulan. Kemarin untuk sarapan saya beri bubur beras merah. Airnya saya ganti dengan kaldu sapi (buatan sendiri, spt diresep tips bayi). Siangnya saya lihat di sekitar bibirnya terlihat bintik2 merah. Apakah anak saya alergi kaldu sapi? Karena Dari seminggu lalu saya beri bubur beras merah dengan sufor, bayi saya tdk ada bintik merah.
    Trus selain dengan wortel, enaknya bubur beras merah dicampur dgn apalg ya?
    Itu aja dulu ya? Thanks tips!

    • tipsbayi November 3, 2010 at 4:33 am #

      @ Nita,

      Kami juga senang bisa berbagi dengan para ibu.. ;-)

      Anda perlu memastikan apakah Syifa benar-benar alergi.. Alergi pada anak memang bukan suatu penyakit. Alergi adalah reaksi hipersensitivas tubuh terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing atau berbahaya. Reaksi alergi biasanya muncul bila anak memiliki kecenderungan bawaan (genetik).. Jangan khawatir jika itu alergi tidak berbahaya.. ;-)

      Saran kami untuk sementara hidari saja dulu perkiraan pencetus alerginya. Kaldu sapi dan daging sapi serta produk turunannya.

      Anda bisa memfariasikan bubur beras merah dengan macam-macam sayuran, daging atau ikan. Pintar-pintarlah Anda memfariasikannya.. Kalau penasaran, tunggu saja resep berikutnya.. ;-)

  49. Efrilia October 21, 2010 at 3:31 pm #

    Hallo tips,
    sng sekali sy bisa bergabung & sy slalu menunggu Tips – tips slanjut nya.
    sy ingin bertanya,kl tepung beras merah kita ganti dgn beras merah yg di bwt tim dan blender kmudian di saring blh tdk?
    krn sy pernah mebwt tepung dan hasil nya tdk bagus.
    kl tepung beras merah itu,blh tdk kt memakai bubur istant rasa beras merah.
    sy tunggu jawaban nya… mksi

    • tipsbayi October 26, 2010 at 3:35 am #

      @ Efrilia,

      Kami juga senang sekali Anda masih bergabung dengan kami.. ;-)

      Anda boleh juga membuat MPASI dari beras merah dengan cara seperti itu. Yang penting hasil akhirnya sama.. :-)

      Sebenarnya lebih bagus apabila makanannya buatan Anda sendiri, karena apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

Leave a Reply