Pijat Bayi

Pijat bayi sebenarnya tidak hanya bermanfaat untuk fisik si kecil, tetapi juga bisa menjadi sarana dimana Anda dan bayi Anda bisa berduaan dalam suasana rileks dan menyenangkan. Bahkan, bagi para ibu baru yang terkena depresi pasca melahirkan, salah satu obatnya adalah aktifitas yang satu ini, pijat bayi!

Pijat bayi sudah semakin populer belakangan ini, sehingga jika Anda ingin belajar secara langsung, sekarang sudah banyak klinik, bidan dan rumah sakit yang mengadakan kelas pelatihan pijat bayi, terutama di kota-kota besar.

Nah, bagi Anda yang ingin mengintip, seperti apa sih pijat bayi itu, berikut kami beberkan langkah-langkahnya, disertai dengan gambar.

Teknik pijat bayi yang kami jelaskan di sini cocok untuk bayi yang belum bisa merangkak. Oya, satu hal penting sebelum Anda memulai, jangan memijat bayi Anda sesaat sebelum maupun sesudah minum ASI/makan, ataupun ketika ia sudah mengantuk. Lokasinya bisa di mana saja yang nyaman untuk Anda berdua. Yang jelas, sebaiknya dilakukan di atas lantai dan dialas dengan handuk. Siapkan juga semangkuk kecil minyak (minyak zaitun dan virgin coconut oil paling bagus).

pijat bayi kaki

Kaki – bagian ini merupakan bagian yang terbaik untuk memulai pijatan, karena merupakan bagian yang paling tidak sensitif diantara bagian tubuh bayi yang lain. Colek sedikit minyak, mulai pijat dengan kedua tangan Anda secara perlahan, mulai dari daerah paha, terus ke bawah. Buatlah pijatan secara bergantian antara tangan kanan dan kiri Anda. Gerakan pijatan harus selembut mungkin, meniru gerakan memerah susu. Pindah ke kaki yang sebelahnya lagi dan lakukan pijatan yang sama.

pijat bayi telapak kaki

Telapak Kaki – Ambil salah satu telapak kakinya dan secara lembut putarlah beberapa kali ke arah kiri, lalu ulangi lagi ke arah kanan. Setalah itu, pijatlah punggung telapak kakinya mulai dari arah mata kaki ke arah jari-jari kaki. Pindah ke telapak kaki satunya dan ulangi seperti itu.

pijat bayi tumit

Tumit – Gunakan ibu jari Anda untuk memijat dengan membentuk lingkaran pada tumit bayi Anda

pijat bayi jari kaki

Jari Kaki – Bagian ini adalah penutup dari pijatan bagian kaki bayi. Peganglah jari mungilnya satu per satu menggunakan ibu jari dan telunjuk Anda, kemudian secara lembut tariklah searah dengan jarinya sehingga jari-jari Anda terlepas di ujung jari kaki bayi. Lakukan untuk kesepuluh jari kakinya.

pijat bayi lengan

Lengan – Ambil salah satu lengannya dan lakukan gerakan seperti yang Anda lakukan terhadap kakinya – gerakan seperti memerah susu, mulai dari ketiaknya, terus hingga ke pergelangan tangan. Kemudian pegang telapak tangannya, dan putar-putar secara perlahan beberapa kali, ke arah kanan dan kiri. Pindah ke lengan satunya lagi dan lakukan hal yang sama.

pijat bayi telapak tangan

Telapak Tangan – Dengan menggunakan ibu jari Anda, pijatlah telapak tangan bayi Anda dengan gerakan memutar.

pijat bayi jari tangan

Jari Tangan – Sama seperti jari-jari kaki, secara lembut ambil satu per satu jari tangannya menggunakan ibu jari dan telunjuk Anda, lalu tarik secara perlahan.

pjat bayi dada

Dada – Katupkan kedua telapak tangan Anda (seperti tapak Budha), lalu letakkan pada dadanya dalam keadaan seperti itu. Secara perlahan, buat gerakan ke arah luar tubuh bayi, sehingga telapak tangan yang terkatup secara perlahan terbuka menghadap ke bawah, dan telapak tangan Anda akhirnya menempel dan berjalan di atas dadanya. Ulangi beberapa kali.

pijat bayi dada bawah

Masih pada bagian dada, kali ini letakkan salah satu telapak tangan Anda dengan menghadap ke bawah, di daerah dada bayi, kemudian buatlah pijatan lembut ke bawah, ke arah pahanya. Buatlah gerakan ini secara bergantian, dengan tangan kanan dan kiri Anda.

pijat bayi punggung

Punggung – Balikkan tubuh bayi Anda secara perlahan, sehingga ia tengkurap. Posisi Anda berada di salah satu sisinya. Dengan menggunakan jari-jari tangan Anda, buatlah pijatan lembut melingkar dengan kedua tangan, dimulai dari bawah lehernya, sampai ke pantat si kecil. Pindahlah posisi Anda ke sisi sebelahnya lagi dan lakukan gerakan yang sama.

pijat bayi punggung

Masih pada bagian punggung, kali ini buatlah pijatan agak kuat dari sebelumnya, mulai dari bagian bahu, terus hingga ke kakinya.

Setelah selesai, Anda bisa memasangkan popoknya, lalu menggendong atau menyusuinya. Selamat mencoba!

Tidak ada artikel yang berhubungan.

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

144 Responses to Pijat Bayi

  1. rosa December 6, 2013 at 2:19 am #

    Ass…
    Mau nanya?bayi saya 9 mngg setiap mau mandi saya pijet?apakah boleh?

    • tips-bayi December 10, 2013 at 7:22 am #

      rosa,

      Wa’alaikm salam,

      Boleh Bun.. Pijat bayi bisa mulai dari usia 1 bulan.. :)
      Pijat dengan perlahan..

  2. desi natalia November 7, 2013 at 3:34 am #

    Bun sdh kurang lebih 3minggu ini bayi saya (11bulan,perempuan) batuk, pilek n terkadang deman ama rewel. Skrg kurang nafsu makan.sdh 2x saya check ke spesialis anak tpi obatny tdk berpengaruh. Tlg sarannya bun.

    • tips-bayi November 12, 2013 at 6:26 am #

      desi natalia

      Bunda… Sebenarnya jika hanya pilek atau flu biasa.. Insya Alloh bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, dengan memberikan banyak ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.. ;)

      Tapi memang untuk batuk berdahak agak lama karena bayi belum bisa mengeluarkan dahaknya.. Berikan kehangatan pada punggung, dada dan lehernya. JIka ada keluhan lain seperti tidak mau menyusu, sebaiknya Bunda periksakan kembali ke DSA..

      Semoga lekas sembuh..

  3. endy hidayanto October 19, 2013 at 6:48 am #

    di mana saya bisa dapat alamat tempat pijat khusus balita, karena anak saya sudah dua tahun setengah belum bisa bicara karena saya dapat kabar bahwa ada urat syaraf nya ada yang terjepit

    thanks

    endy

  4. ummu shofiy October 11, 2013 at 4:05 pm #

    Bismillah.. anak saya sudah 2 kali kejang umur 5,5 tahun bisakah di terapi menggunakan pijet bayi ini… Jazakillah khoir..

    • tips-bayi October 16, 2013 at 6:27 am #

      ummu shofiy,

      Insya Allah bisa Ummu.. ;)

  5. Rula August 15, 2013 at 8:35 am #

    kalo sebelum imunisasi di pijat, bileh kah? terima kasih

    • tips-bayi August 20, 2013 at 4:09 am #

      Rula,

      Sebelum imunisasi.. Boleh Bun.. biar buah hati Bunda rileks.. ;-)

  6. Kesehatan anak May 27, 2013 at 1:12 pm #

    Wah, lengkap infonya. btw, mulai umur berapa ya bayi mulai dipijat?tk

    • tips-bayi May 30, 2013 at 7:34 am #

      Kesehatan anak,

      Dipijat bisa mulai usia 1 bulan Bun..

  7. ummu una May 18, 2013 at 2:08 pm #

    Alhamdulillah ya…bermanfaat bgt.ntar dicoba ma anakku yg menginjak 4 bln :) jazakillah

  8. ummu hasna December 27, 2012 at 3:53 am #

    asslmkm.bagus banget artikelnya…anak saya usia 7 bulan, sejak lahir smp skrng dipijitin ke dukun bayi. dan setiap dipijit nangis terus. kata dukunnya udah biasa. kalo dipijit sendiri takut salah urat.kira-kira dipijitin ke dukun bayi baik ga ya buat si kecil?kadang kasihan nangisnya sampe kenceng

    • tips-bayi December 28, 2012 at 12:40 am #

      ummu hasna,

      Wa’alaikumussalam,
      Hmm… gitu ya..? Coba deh sekarang coba bunda belajar pijit sendiri. Bunda bisa lakukan setiap hari atau dimasa Bunda senggang, lakukan.. sekitar 5-15 menit.. diliat dari tingkah laku bayinya.. keliatan nyaman atau tidak.., kalau nangis ya di berhentikan saja..

      Ini kan bukan pijit karena salah urat..? Jadi tidak mesti ke dukun bayi.. ;-)

      • ummu hasna December 28, 2012 at 2:36 am #

        oke.terimakasih banyak atas sarannya.InsyaAllah saya coba

        • tips-bayi December 31, 2012 at 4:25 am #

          ummu hasna,

          Sama-sama Ummu.. Semoga berhasil.. ;-)

  9. umanya wafa' November 21, 2012 at 2:31 pm #

    apa boleh pjat urat atau saraf pada bayi….

  10. umanya wafa' November 21, 2012 at 2:30 pm #

    apa boleh pijat urat atau saraf pada bayi….

    • tips-bayi November 26, 2012 at 2:53 am #

      @ umanya wafa’,

      Pijat urat bayi.. apa bayi Bunda salah urat..? Seperti apa pemijatan sarafnya ya.. Jika Bunda mau pijat seperti itu, sebaiknya bunda harus mengetahui apakah pemijatnya benar mahir dan tahu tentang pijat saraf bayi..? Karena untuk pijat bayi harus lebih hati-hati, pijat bayi seperti yang di artikel di atas itu sudah cukup kok.. ;-)

  11. dyan November 1, 2012 at 7:17 am #

    dok anak sy sejak lahir dikepala ada benjolan..tp se sdh periksakan ke DSA ktx tdk apa2, cm darah yg membeku n kelamaan dijalan lahir, apa tdk msalah dok??? Apa akan hilang dok???Trus skrg byi sy umurx 4 bln BB 7,8 kg, pnjang 68 cm, apkah termasuk normal, skrg dia sdh bljr tengkurap.

    • tipsbayi November 5, 2012 at 11:07 pm #

      @dyan,

      Pertama-tama, kami selalu memberitahukan bahwa kami bukan tim dokter, namun hanya pemerhati bayi yang berbagi informasi seputar perkembangan dan perawatan bayi. Untuk kasus seperti Bunda ini, tentu saja tidak bisa dinilai hanya dengan informasi terbatas seperti yang Bunda berikan, karena harus diperiksa dan dilihat secara langsung Bun… Yang baik adalah konsultasi langsung dengan DSA. jika Anda kurang yakin, Anda bisa mencari pendapat ke-2 dan ke-3 dari DSA lain. Mudah-mudahan si kecil sehat ya Bun…

  12. Anonymous October 31, 2012 at 10:04 am #

    ass.
    saya ingin bertanya bagaimana dengan pijat untuk bayi yang prematur?
    dan bayi umur berapa bayi boleh mulai dipijit

    • tipsbayi November 1, 2012 at 2:20 am #

      Penelitian menunjukkan, bayi prematur yang dipijat secara rutin, ternyata mengalami perkembangan fisik dan emosiaonal yang jauh lebih baik daripada bayi prematur yang tidak dipijat… Bisa mulai usia 1 bulan Bun.

  13. dhisti October 24, 2012 at 1:35 pm #

    Mau tanya

    Kira2 pada umur berapa bayi mulai di pijat?
    Saat ini bayi saya tidurnya tidak tenang sehabis dia di susui?apakah ini masih normal?

    • tipsbayi October 30, 2012 at 12:59 am #

      @dhisti,

      Mulai usia 1 bulan boleh Bun…

  14. ayaa October 18, 2012 at 3:21 pm #

    terima kasih,, bermanfaat sekalii ^___^

  15. bu tami September 12, 2012 at 4:03 am #

    assalam,,
    saat saya memijat bayi saya (umur 1 bulan) ada suatu benjolan yang cukup besar (seperti 2 biji ssalak yang digabungkan) ketika saya meraba payudara bayi saya,, apa ini normal ya dok,,?? saya kuatir sekali,,dulu kata neneknya disuruh pencet2 biar asi di payudara bayi saya keluar,,katanya sih biar ga panas,, terus setelah saya baca aritikel ga boleh dipencet2 takut iritasi,,
    jadi saya harus gimana yaa,,?? kalau payudaranya memang benar bisa kempes sendiri,, sampai kapan ya? saya sangat khawatir,,
    terimakasih atas jawabannya,,

    • tips-bayi September 24, 2012 at 12:04 am #

      @ bu tami,

      Hmm.. untuk mengetahui seperti apa benjolannya dan sejauh mana berbahaya atau tidaknya, maka sebaiknya Anda kunjungi DSA agar mendapat pemeriksaan yang akurat..

      Semoga bayi Anda baik-baik saja.. ;-)

  16. bunda July 25, 2012 at 7:18 am #

    Terima kasih atas infonya sangat bermanfaat sekali

  17. HAFIDZOH July 22, 2012 at 6:04 am #

    siang,maaf mo tanya tpi pertanyaan y ga sesuai tema.baby saya setiap hari telapak tangan n kaki dingin terus.satu lagi hidung baby saya sering keluar ingus terus.mohon penjelasany

    • tips-bayi August 14, 2012 at 5:51 am #

      @ HAFIDZOH,

      Telapak tangan dan kaki dingin tidak mengapa, tapi lipatan-lipatan hangat kan..?
      Sering keluar ingus tapi tidak sedang flu..? Coba deh.. Anda bisa menjemur bayi Anda setiap pagi dengan posisi miring, biasanya dengan begini cairan atau dahaknya akan terbantu keluar..

      Kalau ada keluhan lain seperti rewel atau demam.. hendaknya Anda periksakan dan konsultasi dengan DSA. Tapi jika tidak ada keluhan seperti itu Anda jangan khawatir.. :-)

  18. ni wayan wulan July 22, 2012 at 5:34 am #

    kalau bayi di pijat sebelum mandi boleh ngak ya? dan sebaiknya bayi itu di pijat setelh mand atau sebelum mandi?

    • tips-bayi August 14, 2012 at 5:36 am #

      @ ni wayan wulan,

      Intensitasnya sesuai waktu senggangnya sang pemijat dan kesiapan yang dipijat.. ;-)

      Kapan Waktu Memijat ?

      Pagi hari
      Malam hari dimana akan membantu bayi tidur lebih nyenyak
      Menjelang mandi sore

      Pemijatan pada bayi tidak boleh dilakukan :

      Saat bayi sedang menangis atau merasa terganggu
      Pada saat bayi akan mandi (untuk bayi dibawah umur 5 bulan)
      Ketika bayi panas (suhu badan diatas normal)
      Pasca Imunisasi
      Pada saat bayi sedang lapar atau sehabis makan dan minum
      Pasca trauma atau jatuh (sebelum dipastikan benar tidak terjadi cedera pada bayi)

      Hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum pemijatan

      Tunggu sampai 1 (satu) jam sesudah bayi makan atau minum susu
      Cari waktu saat bayi tidak mengantuk.. ;-)

  19. magda sumbawa July 13, 2012 at 2:36 pm #

    tnhx infox….bermanfaat bgt nih…!!buat my baby zeeze…

    • tips-bayi July 16, 2012 at 1:33 pm #

      @ magda sumbawa,

      Terima kasih …;-)

  20. Sita July 12, 2012 at 1:35 am #

    Pasti q cba bwt Khalfan nie ~_~
    Oh y, tips bayi ni Khalfan kan udah 4bln dg berat badan 6,2kg tapi belum bisa tengkurap sendiri en baru bisa menegakkan kepala.
    Dulu lahir prematur saat khamilan usia 34mgg, berat lahirnya 2,2kg, trmasuk normal kah perkembangannya?
    Terima kasih

    • tips-bayi July 16, 2012 at 8:04 am #

      @ Sita,

      BB bayi Anda termasuk NORMAL.. karena termasuk 95% BB normal untuk bayi Indonesia..

      Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok.
      Anda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.

      Untuk melatih tengkurap, Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu

  21. lily July 3, 2012 at 5:48 am #

    dear tips bayi,
    thanks buat artikelnya, menarik sekali..saya sudah coba praktekan ke anak saya (umur 10minggu) tapi pada bagian dada,dia terlihat tidak nyaman kegelian & akhirnya menangis..sedangkan di bagian lain bisa menikmati..bagaimana solusiny?
    terima kasih ??????

    • tips-bayi July 8, 2012 at 4:40 am #

      @ lily,

      Anda bisa lakukan pemijatan pada bayi Anda dengan bertahap secara perlahan -lahan, dikarenakan bayi Anda belum terbiasa…;-)

  22. Cahyani July 2, 2012 at 1:02 am #

    Bayiku 6 bulan 2 Minggu. Awalnya dia diam saat dipijat, tp sekarang jd g mau diam klo dipijat cz aktif banget. Ada solusi agar dia bisa diam saat dipijat?

    • tips-bayi July 7, 2012 at 1:30 pm #

      @ Cahyani,

      Bayi Anda sudah mulai aktif itu bagus.. tanda bayi sehat.. ;-)
      Hanya memang acara mijatnya jadi agak sulit ya..

      Hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum pemijatan: Lakukan pemijatan sekitar 5-15 menit.. dilihat dari tingkah laku bayinya.. keliatan nyaman atau tidak.., kalau nangis ya di berhentikan saja..

  23. baboozubogoshipoe June 2, 2012 at 9:37 am #

    Makasih banget… Sangat membantu dalam pembuatan makalahku

    • tips-bayi June 9, 2012 at 5:03 am #

      @ baboozubogoshipoe,

      Sama – sama .. ;-)

  24. henny May 31, 2012 at 2:59 am #

    Dulu waktu anak pertama, saya slalu melakukan senam otak, sekarang mau saya lakukan lagi pd adiknya. Sayangnya saya sdh lupa krn sdh 8 thn yg lalu. Saya sgtberharap anda bisa membantu saya…

    • tips-bayi June 20, 2012 at 4:32 am #

      @ henny,

      Senam otak ya.. Bagus juga kalau tips bayi membuat artikelnya ya..?
      Insya Allah.. ditunggu bu ya.. ;-)

  25. Lucky May 24, 2012 at 6:18 am #

    Dear Tipsbayi,
    Kenaikan bb anakku kecil sejak bulan k-3 naik hanya 2-3ons saja padahal asiku cukup tp keliatannya dia nyusu kurang kuat.Apakah dgn memijatnya dapat membuat nyusunya kuat? Tks.

    • tips-bayi June 16, 2012 at 12:46 am #

      @ Lucky,

      Bisa juga.. Jika bayi Anda tidak enak badan nafsu minum susu akan sedikit berkurang, dan setelah dipijit bayi Anda menjadi segar sehingga nafsu minum susu juga bertambah.. ;-)

      Memang kemampuan sedotan dan kemampuan minum susu setiap bayi kan berbeda juga bu..

  26. Hasi May 19, 2012 at 10:38 pm #

    wow…lengkap ya artikelnya, tapi masih belum berani mijit bayi sendiri…

  27. Anggie May 15, 2012 at 2:56 am #

    informasi bermanfaat, mungkin sekarang sudah ada jasa pijit bayi yang bisa menjadi pilihan ibundanya :)

  28. shanty May 12, 2012 at 1:48 am #

    dear tipsbaby..
    anakku sekarang umur 9 bln.. sejak umur 1 bln sy selalu rutin pijatkan anak sy tiap 1 minggu sekali (dipijat sendiri atau dgn dukun bayi). perkembangannya bagus.. beratnya juga normal. juga gak pernah rewel.. tapi orang tua saya bilang jangan sering2 pijat bayi. jangan seminggu sekali katanya… gimana? jadi bingung.. mohon sarannya ya…

    • tips-bayi May 18, 2012 at 12:26 pm #

      @ shanty,

      Sebenarnya seminggu sekali juga tidak apa -apa,bahkan setiap hari juga bisa Anda lakukan.. sekitar 5-15 menit.. diliat dari tingkah laku bayinya.. keliatan nyaman atau tidak.., kalau nangis ya di berhentikan saja.. ;-)

  29. bunda christian May 11, 2012 at 4:45 am #

    kalau ada sertakan video nya .tx

  30. annisa May 8, 2012 at 12:22 pm #

    terima kasih byk atas jwbnnya..sgt membantu skali dan mgurangi rasa khawatir sy..smga anak sy tumbuh jd anak yg sehat.. sy tunggu tips2 bayi anda selanjtnya..

  31. Jati May 5, 2012 at 3:07 pm #

    Selama ini kami menggunakan tukang pijat bayi karena tidak tahu caranya,, Setelah melihat tips ini semoga kami dapat mempraktekkannya… Terima kasih ya,, Sangat bermanfaat… Jempol 2..

    • tips-bayi May 7, 2012 at 1:56 pm #

      @ Jati

      Terima kasih kembali …; – )

  32. sri rahayu May 3, 2012 at 3:46 am #

    pada umur berapa bulan dilakukan pijat bayi dan berapa menit lamanya atau berapakail dilakukan pijatan setiap tindakan dan sampai umur berapa dilakukan pijatan bayi

    • tips-bayi May 9, 2012 at 2:08 pm #

      @ sri rahayu,

      Bisa dilakukan pijat pada Bayi mulai 1 bulan.. Setiap hari juga bisa Anda lakukan.. sekitar 5-15 menit.. diliat dari tingkah laku bayinya.. keliatan nyaman atau tidak.., kalau nangis ya di berhentikan saja..

      Intensitasnya sesuai waktu senggangnya sang pemijat dan kesiapan yang dipijat.. ;-)

      Kapan Waktu Memijat ?

      Pagi hari
      Malam hari dimana akan membantu bayi tidur lebih nyenyak
      Menjelang mandi sore

      Pemijatan pada bayi tidak boleh dilakukan :

      Saat bayi sedang menangis atau merasa terganggu
      Pada saat bayi akan mandi (untuk bayi dibawah umur 5 bulan)
      Ketika bayi panas (suhu badan diatas normal)
      Pasca Imunisasi
      Pada saat bayi sedang lapar atau sehabis makan dan minum
      Pasca trauma atau jatuh (sebelum dipastikan benar tidak terjadi cedera pada bayi)

      Hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum pemijatan

      Tunggu sampai 1 (satu) jam sesudah bayi makan atau minum susu
      Cari waktu saat bayi tidak mengantuk.. ;-)

  33. annisa April 27, 2012 at 7:28 am #

    assalam wr wb.trimakasi byk tipsny.. Mhn saranny, babyku 1.5 bln,asi,bb naik 1.7 kg dr bb lhr.srg rewel, jarang tdr, kalo tdr srg tdk nyenyak, kagetan,dan ngeden kalo mau kentut, frekuensi kentut srg,bab lebih dari 4x/hr,cegukan bs 5x/hr,dan srg bersin.apakah ini normal?bs d minimalisir dg pijat/spa baby?apakah tiap menyusui hrs dsendawakan?baby srg bangun n nangis kalo dsendawakan..sy khawatir krn ini anak pertama,sy berharap jwbnnya.trims..wassalam wr wb

    • tips-bayi May 8, 2012 at 2:55 am #

      @ annisa,

      Wa’alaikumussalam Wr. Wb.,

      * Kenaikan BB sudah cukup bagus
      * Jarang tidur malam..? Jangan khawatir dengan pola tidurnya.. pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas.
      * Kagetan..? NORMAL kok.. bahwa gerak kaget itu adalah gerak refleks bayi Anda yang sedang mengembangkan otot dan syaraf untuk bergerak, biasanya terjadi pada fase tidur REM

      Sementara kedutan bayi ini seringkali menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua, namun para dokter justru akan khawatir bila tidak melihatnya. Bayi yang baru lahir secara rutin akan mendapat pemeriksaan refleks ini. Adanya refleks ini justru menjadi tanda bahwa sistem persarafannya berfungsi degan baik. Anda akan mendapatkan bahwa refleks ini kelak akan semakin berkurang dan akhirnya akan sama sekali hilang di antara empat dan enam bulan. (Tentu saja bayi anda dapat terkejut pada segala usia, tetapi degan pola kedutan yang berbeda.) :-)

      * Ngeden ketika kentut dan sering kentut NORMAL.. tidak rewel kan..?

      * Pola BAB bayi belum tetap. Bisa sering atau jarang.. Seiring dengan bertambah usianya maka pola BAB bayi Anda akan terbentuk hingga jadwalnya akan terlihat.. Untuk frekuensi BAB, prinsip sederhananya “pengeluaran bagaimana pemasukan” ;-)

      * Sering bersin.. Perhatikan kebersihan sekitar dari debu. Seperti bantal, guling, selimut, mainan dll.

      * Sebaiknya disendawakan.. Jika bayi Anda sering merasa terganggu dengan demikian, maka Anda bisa mensiasatinya.
      Sering ibu menyusui sambil tiduran dengan posisi miring sementara si bayi tidur telentang. Akibatnya, cairan tersebut tidak masuk ke saluran pencernaan, tapi ke saluran nafas. Bayi pun muntah. Karena itu, kalau menyusui, posisi bayi dimiringkan. Begitu juga ketika memberi makan kepalanya harus lebih tinggi dari kaki sehingga membentuk sudut 45 derajat. Jadi cairan atau makanan yang masuk bisa turun langsung ke bawah..

      Intinya perkembangan bayi Anda NORMAL..

  34. samsiana April 26, 2012 at 2:22 pm #

    assalamualaikum, tips bayi diatas sangat bermanfaat bgi bayi diseluruh dunia pokoknya maju terus. oia aq mw nanya ni bayi ku ini kan berumur 4tahun tpi susah mkn
    badannya kurus tpi lincah minta tipsnya dong biar anakku bisa lahap makannya. caranya udah bnyak ampe minum vitamin tpi ttp aja g kuat mkn.thanks sebelumnya

    • tips-bayi May 7, 2012 at 5:31 am #

      @ samsiana

      Waalaikumsalam, Terima kasih…; -)

      Anak Anda lincah..? Bagus tanda sehat.. meskipun kecil..

      Untuk ngakalin agar Anak Anda nafsu makannya bertambah.. selain Anda berikan menu yang variatif .. ada beberapa yang harus Anda diperhatikan:

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan anak Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi anak Anda..

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada anak Anda. Cicipi sendiri makanan anak dan buat suara ‘mmm’ sehingga anak Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika anak Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Anda akan berterima kasih suatu hari nanti !

  35. risca April 23, 2012 at 7:48 am #

    di atas d jelaskan klo bayi d pijat itu hrs d atas 5 bln knp tdk boleh dilakukan pada bayi berumur kurang dr 5 bln????

    • tips-bayi May 3, 2012 at 2:45 am #

      @ risca,

      Boleh.. boleh kok bayi dibawah 5 bulan dipijat.. ;-)
      Hanya harus lebih hati-hati tentunya..

  36. Rina Meitantriati April 20, 2012 at 12:21 pm #

    penting bangetz

    • tips-bayi April 26, 2012 at 2:23 am #

      @ Rina Meitantriati,

      Benar.. penting.. :-)

  37. ditya April 13, 2012 at 6:48 am #

    makasih infonya… bisa dicoba ni kalo ntar bayiku udah lahir…
    jadi tambah gak sabar nunggu 2 bulan lagi..

  38. jessycaputri April 3, 2012 at 8:13 pm #

    bagus banget infonya,terima kasih ya

  39. mama igha March 23, 2012 at 11:37 am #

    bayi saya usia 6 bln, kepalanya sering berkeringat dan banyak pdhl udara lumayan dingin. Sebabnya p y? Berpengaruh p ga bwt kesehatannya (tiap mandi dah di keramasin)???
    Trs gmna biar bayi betah d pjit cz bru d telentangin mlh tngkurep??

    • tips-bayi March 29, 2012 at 1:12 am #

      @ mama igha,

      Sebenarnya banyak berkeringat merupakan pertanda baik karena berarti kelenjar keringat berfungsi sempurna. Pengeluaran keringat merupakan proses sekresi atau pembuangan sisa-sisa garam dan juga racun dari dalam tubuh.. ;-)

      Seberapa banyak pun keringat bayi yang keluar sebenarnya normal saja sepanjang bayi tidak terganggu oleh keringatnya. Masih dikatakan wajar bila bayi tidak rewel, selera makan atau menyusunya tetap oke, porsi tidurnya cukup, Aktif, dan pertumbuhannya tidak terganggu…

      Keringat perlu diwaspadai sebagai pertanda gangguan kesehatan jika dibarengi dengan keluhan lain semisal mendadak rewel, tak mau makan/minum/menyusu, susah tidur, lemah, dan sebagainya.

      Untuk mencegah biang keringat :
      * Mandi secara teratur dan keringkan dengan handuk lembut.
      * Ketika berkeringat, seka badan dengan lap basah dan keringkan kembali dengan handuk kering.
      * Gunakan baju yang berbahan katun dan nyaman dipakai (tidak terlalu sempit), untuk mengurangi panas.
      * Jagalah ventilasi ruangan, agar pertukaran udara berlangsung lancar dan lebih sejuk..

  40. mama raffi March 19, 2012 at 2:59 am #

    Makasih tips ^_^

  41. mama raffi March 10, 2012 at 1:49 pm #

    Info yang sangt bermanfaat.
    Dok, apa Benar merangkak mempengaruhi kecerdasan anak kelak? Katnya kalau tidak merangkak kemampuan bicaranya akan lambat dan nilai akademiknya ntar rendah. Anakku 10 bulan tapi blm merangkak dgn benar, merangkaknya pake dada alias merayap.thanks tips

    • tips-bayi March 19, 2012 at 2:01 am #

      @ mama raffi,

      Merangkak.. merupakan transisi antara duduk dan berdiri ini, tidak harus ada pada setiap bayi. Ia bukan milestone atau tonggak penting perkembangan, seperti halnya duduk ataupun berdiri yang memang harus ada.

      Pendek kata, merangkak tak dipakai sebagai suatu patokan penting untuk pertumbuhan. “Bukan sebagai kunci penting. Ada anak yang tanpa merangkak dan langsung berdiri juga boleh-boleh saja.” Juga tidak berkaitan dengan kecerdasannya, lo. Karena kecerdasan, kan, tidak tergantung dari merangkak saja, tapi pada perkembangan lainnya.. ;-)

      Apakah Raffi masih diberikan ASI..? ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

      Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

      Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

      Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

      Anda bisa baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

  42. doddy March 10, 2012 at 7:19 am #

    terima kasih infonya,

    tapi apakah proses pemijitan tidak akan mempengaruhi pertumbuhan sang bayi ya , terima kasih

    • tips-bayi March 14, 2012 at 2:58 pm #

      @ doddy,

      Sama-sama.. ;-)

      Tidak akan berpengaruh..

  43. ummu aisyah March 6, 2012 at 2:16 pm #

    kalo mijat bayi yg uda merangak gmn?

    • tips-bayi March 7, 2012 at 7:53 am #

      @ ummu aisyah,

      Sama saja ummu.. ;-)
      Bahkan dianjurkan..

  44. gusep khamal March 5, 2012 at 2:40 am #

    hlo tips bayi mau nanya.. apa bener klo sejak kecil bayi kita sering dicukur rambut maka akan gomplok (bahasa sunda… lebat) di kemudian hari kelak?? thanks before

    • tips-bayi March 9, 2012 at 3:49 am #

      @ gusep khamal,

      Secara langsung efek dari dipotong rambut bukan sih.. tetap saja kalau bawaannya tipis ya tetep tipis.. ;-)

      Sebenarnya Anda tak perlu khawatir jika rambut bayi Anda tipis, rontok atau bahkan botak. Selama bayi Anda sehat, tak ada masalah. Apalagi pada bayi, yang tumbuh adalah rambut sementara, bukan rambut permanen. Yang jelas, selama bayi Anda sehat, pertumbuhan rambut akan sesuai dengan faktor genetik. “Akan tetapi, faktor-faktor lain di luar faktor genetik juga bisa mempengaruhi tekstur rambut.” seperti sinar matahari dan kebersihan, termasuk biang keringat..

      Di sisi lain, jika ada bayi yang terlahir dengan rambut tebal, ini juga bukan jaminan rambut permanennya akan lebat. Bisa jadi tebalnya rambut ketika lahir merupakan pengaruh hormon Androgen dari sang ibu dan sifatnya sementara saja.. ;-)

      Rambut tebal sebenarnya lebih ditentukan oleh faktor keturunan… Namun begitu, jika Anda masih ingin mencoba untuk “melebatkan” rambut bayi Anda, coba berikan minyak kemiri yang disangrai atau cairan lidah buaya ke kulit kepalanya. Perhatikan jika ada efek disebabkan alergi…

  45. ummu azzam February 24, 2012 at 2:30 pm #

    punten mau nanya,
    kebetulan saya kemarin baca tips memijat bayi. tapi sarannya sebaiknya dilakukan sewaktu menyusui agar rileks dan ada kedekatan ibu n anak. tpi disini sebaiknya se jam sebelum / sesudah minum ASI, sebabnya ap y?

    • tips-bayi March 2, 2012 at 3:12 am #

      @ ummu azzam,

      Agar tidak tersedak atau muntah.. maka jika 1 jam setelah menyusu, ASI akan terserap dulu oleh tubuh tidak akan mudah keluar.. ;-)

  46. Juvida Ellena February 18, 2012 at 6:44 am #

    boleh juga nich tips di atas. buat pengetahuan sewaktu waktu mau nikah… hehehe… jadi ibu harus tahu bagaimana cara memijat bayi yang baik. Agar si buah hati sehat. makasih mas infonya… jangan lupa mampir ke blog saya ya… see you!!

    • tips-bayi February 24, 2012 at 2:58 am #

      @ Juvida Ellena,

      Sama-sama.. ;-)

  47. rina February 16, 2012 at 3:00 am #

    bayiku 2bulan..sk4rng lg batuk pilek…apakah boleh dipijat?bagaimana cara pijatnya?makasih

    • tips-bayi February 23, 2012 at 3:53 am #

      @ rina,

      Kapan Waktu Memijat ?

      Pagi hari
      Malam hari dimana akan membantu bayi tidur lebih nyenyak
      Menjelang mandi sore

      Pemijatan pada bayi tidak boleh dilakukan :

      Saat bayi sedang menangis atau merasa terganggu
      Pada saat bayi akan mandi (untuk bayi dibawah umur 5 bulan)
      Ketika bayi panas (suhu badan diatas normal)
      Pasca Imunisasi
      Pada saat bayi sedang lapar atau sehabis makan dan minum
      Pasca trauma atau jatuh (sebelum dipastikan benar tidak terjadi cedera pada bayi)

      Hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum pemijatan

      Tunggu sampai 1 (satu) jam sesudah bayi makan atau minum susu
      Cari waktu saat bayi tidak mengantuk.. ;-)

      Cara pemijatannya seperti pada gambar di atas..

  48. gusep February 13, 2012 at 12:58 am #

    oke thank you very much again and again… tips-bayi paling top banget

  49. gusep February 7, 2012 at 9:06 am #

    maaf minta lagi tips nya klo bayi batuk adakah tips pijatannya? kondisi anaknya baik2 aja klo lagi beraktivitas tapi kalo tidur baru datang batuk sampai dikasih minum air putih biasa baru bisa tidur lagi, jadi batuknya memang seperti tidak kronis tapi kadang anakku batuk langsung muntah (kadang cuma batuk saja tdk disertai muntah) entah muntahnya karena masuk angin (suka main di teras rumah atau manjat teralis jendela apakah ada pengaruhnya?) thanx sebelumnya

    • tips-bayi February 11, 2012 at 3:10 am #

      @ gusep,

      Ya benar.. pemijatan seperti di atas bisa untuk mengatasi bayi yang sedang batuk. Dengan menggunakan minyak telon pada dada dan punggungnya serta di sekitar kening..

      Terpicu muntah karena dahaknya. Jika Sedang batuk, perbanyak minum ASI dan istirahat.. Jangan banyak main dulu.. ;-)

  50. gusep February 7, 2012 at 8:58 am #

    terima kasih banyak atas tips nya…….. alhamd sekarang Rafa anakku sdh sembuh…. mungkin karena masih ringan, jd hanya dibersihkn dg kapas dan air biasa… once again thank you very much

    • tips-bayi February 11, 2012 at 3:02 am #

      @ gusep,

      Sama-sama..
      Alhamdulillah Rafa sudah sehat ya.. :-)

  51. gatot February 6, 2012 at 1:45 pm #

    Terimakasih saran dan petunjuknya, sehingga membuatku tidak kawatir.

  52. gusep February 2, 2012 at 9:32 am #

    asslmlkm wr,wb.. mo nanya maaf agak melenceng.. bayi ku umur 15 bulan berat 13Kg tinggi 84cm, sekarang lagi sakit mata, selalu muncul (maaf) belek kayak yg baru bangun tidur (meski tdk banyak).. sudah dibersihkan ada lagi, asalnya ketularan.. meskipun dia selalu ceria tp sbg ortu ada khawatir… mohon tips perawatannya… thanx sebelumnya…wassalam

    • tips-bayi February 7, 2012 at 3:31 am #

      @ gusep,

      Jika ada kotoran atau belek pada mata bayi tanda karena adanya penyakit yang menyebabkan mata berair dan banyak mengeluarkan kotoran mata. Kondisi ini beragam penyebabnya, antara lain:

      * Infeksi jalan lahir. Biasanya, infeksi jalan lahir didapat bayi ketika proses persalinan berlangsung. Dokter biasanya memberikan obat yang sesuai dengan penyebab infeksinya.
      * Adanya sumbatan pada saluran air mata bayi. Kondisi ini akan menghambat aliran air mata bayi ke rongga hidung, sehingga mata bayi pun berair terus-menerus. Nah, genangan air inilah yang bisa mengundang kuman penyebab infeksi.

      Untuk mengatasinya, lakukanlah tindakan-tindakan berikut.

      * Perhatikan apakah belekan yang terjadi normal atau tidak.
      Jika masih normal, artinya hanya sedikit belek pada mata bayi di pagi hari dan tidak sampai mengganggu (membuat mata bayi lengket), maka Anda tidak perlu khawatir. Bersihkan saja matanya menggunakan kapas dan air hangat. Arahnya dari bagian dalam ke arah luar mata.

      Jika belek bayi cukup banyak, sehingga menyebabkan mata bayi Anda lengket, cobalah mengompres matanya dengan kapas yang dicelupkan ke air hangat. Biasanya, kotoran yang membuat mata bayi lengket akan lebih mudah dibersihkan. Jangan sekali-sekali menggunakan boorwater atau cairan pembersih mata.

      * Segera bawa ke dokter, jika belekan lebih dari tiga hari. Sebelumnya, perhatikan apakah bagian putih matanya merah atau tidak. Sampaikan hal ini ke dokter ketika berkonsultasi.

      * Waspada terjadinya infeksi, yakni jika matanya kemerahan. Dokter biasanya akan memberi obat untuk membantu mengatasi infeksi. Perhatikan cara memberikan obat mata pada bayi, tanyakan dengan jelas cara pakainya.

      * Atasi penyumbatan saluran air mata jika hal ini terjadi dan infeksi telah diatasi. Untuk itu, kemungkinan Anda perlu melakukan pemijatan untuk membantu ‘membuka’ saluran air mata yang tersumbat. Perlu Anda tahu, saluran air mata ada di bagian dalam mata, dekat dengan pangkal hidung. Langkah-langkahnya:
      # Cuci tangan sebelum memijat pangkal hidung bayi.
      # Upayakan jangan sampai kuku jari tangan Anda melukai kulit bayi yang masih rentan.
      # Perhatikan pula, apakah kulit jari-jari tangan Anda tidak kasar. Sebab, kulit yang kasar bisa saja melukai bayi ketika Anda memijatnya.
      # Pijatan biasanya dilakukan dengan menggerakkan ibu jari dari pangkal hidung bayi (tepi mata sebelah dalam) ke arah hidung (ke arah bawah). Atau, pijat dalam gerakan berputar-putar. Lakukan pijat hidung bayi ini 2 – 3 kali sehari.
      # Jika merasa bahwa ibu jari Anda terlalu besar, gunakan jari lain untuk memijat bagian tersebut.
      # Ketika memijat, ingat bahwa kulit maupun otot si kecil masih sangat tipis. Jadi, Anda tak perlu menekannya dengan kuat, tetapi cukup menggosok/mengusapnya perlahan-lahan.
      # Ketelatenan Anda melakukan pemijatan ini setiap hari, sangat membantu upaya ‘mengeringkan’ genangan air mata yang mengganggu bayi Anda. . ;-)

  53. shinta January 29, 2012 at 2:42 am #

    terimakasih buanyakkk
    bener2 sangat membantu…..

  54. wek'e tarti January 28, 2012 at 12:44 pm #

    makasih tips.senang bisa mencobanya.kalau minyak zaitun diganti minyak telon gimana?

    • tips-bayi February 4, 2012 at 2:25 am #

      @ wek’e tarti,

      Minyak Zaitun berbeda dengan minyak telon.. hanya boleh saja.. ;-)

  55. indah January 27, 2012 at 5:44 am #

    Dear tips anak saya Nadya skrg 10 bulan, saya suka memijat perutnya klo sembelit, apakah itu berbahaya? Dan gmana cara pemijatan perut yang benar? Trims

  56. indah January 27, 2012 at 2:18 am #

    Nadya skrg sudah 10 bulan, saya biasa pijat perutnya kalo dia susah BAB, apakah itu berbahaya dan gmana cara pijat perut yang benar? Trims

    • tips-bayi February 3, 2012 at 3:05 am #

      @ indah,

      Kalau susah BAB, ada usaha lain yang bisa Anda lakukan apabila bayi Anda susah BAB..

      * Bantulah bayi Anda dengan melakukan olahraga kecil, dengan cara menekuk lutut bayi kearah perutnya secara lembut beberapa kali, yang akan membantu untuk mengeluarkan feses
      * Mandikan dengan air hangat.
      * Oleskan baby oil di daerah sekitar anus bayi.

      Pijat perut harus lembut dan hati-hati jangan terlalu dalam..

      Cara pijat perut bayi:

      * Letakan satu telapak tangan di perut menutupi pusar, putarkan setengah lingkaran. Ulangi 10x
      * Ketuk perut dengan ujung telunjuk 3x. ulangi 10x
      * Pijat perut dengan satu telapak tangan dari arah atas membentuk huruf I, L dan U.

      Kapan Waktu Memijat ?

      Pagi hari
      Malam hari dimana akan membantu bayi tidur lebih nyenyak
      Menjelang mandi sore

      Pemijatan pada bayi tidak boleh dilakukan :

      Saat bayi sedang menangis atau merasa terganggu
      Pada saat bayi akan mandi (untuk bayi dibawah umur 5 bulan)
      Ketika bayi panas (suhu badan diatas normal)
      Pasca Imunisasi
      Pada saat bayi sedang lapar atau sehabis makan dan minum
      Pasca trauma atau jatuh (sebelum dipastikan benar tidak terjadi cedera pada bayi)

      Hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum pemijatan

      Tunggu sampai 1 (satu) jam sesudah bayi makan atau minum susu
      Cari waktu saat bayi tidak mengantuk.. ;-)

  57. hardiyan January 25, 2012 at 11:44 am #

    wah makasih banyak tipsnya, selama ini sy mijat bayi masih bingung caranya, takutnya salah mijit gitu, tipsnya mantap bisa ngasi bayangan ke para orang tua yang baru punya bayi :)

  58. Abu Rayhan January 23, 2012 at 2:35 pm #

    jazakumullah atas infonya, dah punya anak tiga tapi blm pernah dipijat, kebetulan yg ke-3 baru sebulan blm da namanya juga, jd pengen nyoba pijat dulu akh.. barokallahu fiik.

    • tips-bayi January 26, 2012 at 4:00 am #

      @ Abu Rayhan,

      Waiyyakum.. ;-)
      Amiin..

  59. gatot January 22, 2012 at 1:29 pm #

    pijat apakah bisa untuk repleksi kepala yang rata?

    • tips-bayi January 26, 2012 at 3:05 am #

      @ gatot,

      Biasanya bentuk kepala bisa terpengaruh oleh posisi tidur.. manipulasi posisi tidur sangat berpengaruh pada bentuk kepala bayi.. Maka posisikan tidur bayi Anda bergantian dan berfariasi.. Meskipun demikian, tetap bentuk kepala sangat dipengaruhi juga oleh keturunan atau bawaan lahir.. ;-)

      Bentuk kepala bayi Anda masih akan terus berubah. Hal ini karena sambungan antar tulang-tulang tengkorak yang terdiri dari tulang rawan dan ubun-ubun baru mulai mengeras di usia 9 bulan dan menutup sempurna pada usia 18 bulan.

      Untuk mengurangi resiko bantuk kepala rata pada bayi, maka dengan melatih dan membiasakan tengkurap adalah salah satu solusinya. Anda bisa membaca artikel kami tentang posisi tidur tengkurap pada bayi di:

      http://www.tipsbayi.com/index.php/waktunya-tengkurap

  60. nitha January 21, 2012 at 6:09 am #

    Ky nya sekarang emaknya ini jd tukang pijet. Pengen praktek juga ah.. Kebetulan baby q usia 3 bulan. Udah bisa tengkurap, jd lg aktif2nya gitu, ga lebih 1 menit d baringkan langsung aja tengkurap.. Pasti deh capek..!! Tp intensitas di lakukannya brp kali seminggu ya???

    • tips-bayi January 26, 2012 at 2:49 am #

      @ nitha,

      Intensitasnya sesuai waktu senggangnya sang pemijat dan kesiapan yang dipijat.. ;-)

      Kapan Waktu Memijat ?

      Pagi hari
      Malam hari dimana akan membantu bayi tidur lebih nyenyak
      Menjelang mandi sore

      Pemijatan pada bayi tidak boleh dilakukan :

      Saat bayi sedang menangis atau merasa terganggu
      Pada saat bayi akan mandi (untuk bayi dibawah umur 5 bulan)
      Ketika bayi panas (suhu badan diatas normal)
      Pasca Imunisasi
      Pada saat bayi sedang lapar atau sehabis makan dan minum
      Pasca trauma atau jatuh (sebelum dipastikan benar tidak terjadi cedera pada bayi)

      Hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum pemijatan

      Tunggu sampai 1 (satu) jam sesudah bayi makan atau minum susu
      Cari waktu saat bayi tidak mengantuk.. ;-)

  61. tri January 18, 2012 at 7:44 am #

    Bener… bener sekali tips diatas itu perlu sekali dperhatikan, saya biasanya mijetin anakku pas waktu nyantai aja sambil bercanda atau pas malam biasanya bayi ketika capek itu tidurnya gak jenak bentar kesini bentar kesana ( glebakan bs jawanya ) trus telapak kakinya panas itu saat yang tepat buat mijitin si dia diurut aja pake mnyk zaitun atau VCO kakinya.

    • tips-bayi January 21, 2012 at 2:14 am #

      @ tri,

      Pengalaman yang bagus untuk pelajaran para ibu yang lain.. ;-)

  62. Rayna January 17, 2012 at 2:47 am #

    Terima kasih ya tips nya, tapi aku masih ragu buat mijit bayi ku, takut salah.

    • tips-bayi January 17, 2012 at 2:53 am #

      @ Rayna,

      Hmm.. :-)
      Ikuti kata hati.. ;-)

  63. vina January 14, 2012 at 4:05 am #

    o.c anak qu regan mesti cob biar relaxs

  64. Danisha January 13, 2012 at 12:17 pm #

    Ass.wr.wb
    Tips Bayi,
    Sebaiknya memijat bayi sebelum atau sesudah mandi? saya selalu meijat bayi saya setelah mandi….apa efeknya ya?

    • tips-bayi January 18, 2012 at 3:21 am #

      @ Danisha,

      Pemijatan Bayi..?

      Kapan Waktu Memijat ?

      Pagi hari
      Malam hari dimana akan membantu bayi tidur lebih nyenyak
      Menjelang mandi sore

      Pemijatan pada bayi tidak boleh dilakukan :

      Saat bayi sedang menangis atau merasa terganggu
      Pada saat bayi akan mandi (untuk bayi dibawah umur 5 bulan)
      Ketika bayi panas (suhu badan diatas normal)
      Pasca Imunisasi
      Pada saat bayi sedang lapar atau sehabis makan dan minum
      Pasca trauma atau jatuh (sebelum dipastikan benar tidak terjadi cedera pada bayi)

      Hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum pemijatan

      Tunggu sampai 1 (satu) jam sesudah bayi makan atau minum susu
      Cari waktu saat bayi tidak mengantuk.. ;-)

      Perhatikan dan beritahukan kepada petugas jika bayi anda alergi lotion atau oil tertentu

  65. tri January 13, 2012 at 4:00 am #

    Bener sekali kalo si kecil nerasa nyaman dengan pijatan ni dah lama ku praktekkan ama anakku yg skrng masih 22 bln kelihatan menikmati sekali dia asal dengan lembut mijatnya, bahkan ketika dipijat ama mbah dukun bayi sampai tertidur dia walau dibolak-balik ada fotonya kucu deh ampek ketawa aku ngeliatnya.

    • tips-bayi January 18, 2012 at 2:38 am #

      @ tri,

      Hmm.. :-)
      Bener nyaman..

  66. bunda lisa January 11, 2012 at 12:36 am #

    kira-kira sama g’ ma cara pijat yg dilakukan mbah dukun bayi? baiknya dilakukan berapa kali tiap minggu?

    • tips-bayi January 11, 2012 at 3:41 am #

      @ bunda lisa,

      Pijit dukun gimana ya..? :-)

      Setiap hari juga bisa Anda lakukan.. sekitar 5-15 menit.. diliat dari tingkah laku bayinya.. keliatan nyaman atau tidak.., kalau nangis ya di berhentikan saja..

  67. Kireina Khodijah Zahratussyifa December 30, 2011 at 4:10 am #

    bagus banget, sangat bermanfaat untuk bekal sebelum bayiku lahir :)

    • tips-bayi January 5, 2012 at 4:33 am #

      @ Kireina Khodijah Zahratussyifa,

      Terima kasih.. ;-)
      Semoga kelahiran buah hati Anda diberikan kelancaran oleh Allah SWT.. amin..

  68. dzoice December 26, 2011 at 10:36 am #

    bagus bu tipnya ikut nyobain ma cidede kcil caalam aja

    • tips-bayi January 2, 2012 at 4:08 am #

      @ dzoice,

      Selamat mencoba deh.. Salam juga buat buah hati Anda.. ;-)

  69. rinta December 23, 2011 at 11:01 am #

    apa semua orang bisa melakukannya?? soalnya ntar takut salah kl ga ahli memijat….

    • tips-bayi December 26, 2011 at 4:07 am #

      @ rinta,

      Insya Allah bisa.. ;-)
      Bahkan sentuhan ibu sendiri lebih lembut dan penuh kasih sayang..

  70. tips kesehatan December 17, 2011 at 1:41 pm #

    menarik, bisa dicoba nih kalo udah punya anak.

    • tips-bayi December 22, 2011 at 2:59 am #

      @ tips kesehatan,

      Boleh.. cepet punya anak.. dan selamat mencoba.. ;-)

  71. benny December 15, 2011 at 5:10 am #

    mantap gan..cocok buat bayi nih…

    • tips-bayi December 21, 2011 at 3:22 am #

      @ benny,

      Oh mantap ya..?
      Makasih.. ;-)

  72. labira December 12, 2011 at 3:34 pm #

    wah patut di coba ni pijitannya buat anakku labira al battani
    makasih ya tipsnya :D

    • tips-bayi December 20, 2011 at 3:10 am #

      @ labira,

      Sama-sama.. Selamat mencoba.. ;-)

  73. Taufik December 11, 2011 at 2:12 pm #

    Perlu dipraktekkan ni.. soalnya kalau terlalu lama tidur kita yang dewasa aja terasanya pegel2 semua badan, mungkin bayi juga merasakan hal yang sama y..
    Selama ini saya belum pernah coba pijat sendiri bayi saya, belum tau caranya..
    terima kasih banyak, patut dicoba…

    • tips-bayi December 20, 2011 at 1:49 am #

      @ Taufik,

      Selamat mencoba.. ;-)

  74. Andy cogan December 5, 2011 at 4:32 am #

    bagus dan sangat bermanfaat..terima kasih

Leave a Reply