Perkembangan Otak pada Bayi Prematur

Pertumbuhan otak pada bayi prematur biasanya tidak sempurna. Faktor-faktor yang menyebabkan bayi terlahir prematur, besar kemungkinan dapat juga menghambat pertumbuhan otaknya baik selama dalam kandungan, maupun setelah ia lahir.

Redistribusi aliran darah janin, tanda-tanda ketidakcukupan plasenta bisa mengakibatkan volume otak yang lebih kecil pada bayi prematur. Pada kondisi ini, janin mengarahkan sebagian besar aliran darah ke otaknya.

Tingkat Prematur Mempengaruhi Resiko Cedera Otak

Para ahli berpendapat bahwa radang plasenta dapat mengakibatkan cedera otak pada bayi prematur. Sekitar 45% bayi prematur ternyata mengalami radang plasenta.

Namun demikian, radang plasenta bukanlah satu-satunya penyebab utama cedera otak ataupun gangguan pertumbuhan otak bayi. Tingkat prematurlah yang sebenarnya sangat mempengaruhi tingkat resiko cedera otak.

Nah, untuk para orangtua yang memiliki bayi prematur, sangatlah bijaksana untuk senantiasa memantau perkembangan bayinya secara sistematis. Hal ini dimaksudkan agar perawatan yang tepat dapat dilakukan untuk melindungi pertumbuhan otak si bayi.

Sumber: Academy of Finland

Artikel yang berhubungan:

  1. Shaken Baby Syndrome (SBS): Waspadalah!

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

,

408 Responses to Perkembangan Otak pada Bayi Prematur

  1. wulan August 17, 2014 at 1:18 pm #

    Hai tips bayi…
    11 agustus kemarin sy melahirkan bayi perempuan sy di usia kandungan 34 – 35 minggu, berat badan nya 2338 gram… saat ini msh dirawat di ruang NICU didalam incubator, awalnya baby sy diberikan oxygen di 5 hari pertamanya dan berpuasa di 2 hari pertamanya, hingga pada akhirnya DSA memutuskan untuk memberikannya 15 cc per 3 jam, namun 5 hari dirawat terjadi muntah dan iritasi lambung sehingga keluar sejenis darah lewat selang OGT nya… sehingga baby sy harus mengulang 3 cc lg tiap 3 jam… oh ya, berat badan bayi sy jg berkurang selama 6 hari ini dari 2338 gram menjadi 2150 gram… yg ingin sy tanyakan :
    1. Apakah dilihat dr berat badan lahirnya yg lebih dr 2 kilo perlu dirawat di incubator lama
    2. Sebenarnya apa yg menyebabkan iritasi lambung dan berbahayakah untuk baby saya?
    3. Wajarkah bila DSA mengulang tahapan ASI baby saya…
    4. Apakah sy perlu mencari second opinion untuk melihat dan mengontrol keadaan anak saya? Mengingat sy merasa perkembangan baby saya kok kayanya semakin tidak jelas… kebetulan anak sy dirawat di RS Herm*na galaxy bekasi…
    Terimakasih tips bayi…

    • tips-bayi September 27, 2014 at 6:24 am #

      wulan,

      Perawatan di NICU bisa sampai 30 hari Bun.. disesuaikan dengan kebutuhan yang baru lahir. Biasanya ada beberapa jenis perawatan, seperti:
      - Untuk bayi sakit ringan dan tidak perlu diinfus.
      - Untuk bayi sakit sedang dan perlu inkubator, infus, oksigen dan monitor jantung serta paru.
      - Untuk bayi sakit berat yang memerlukan penanganan dan pemantauan ketat, serta perawatan bayi prematur dengan usia kehamilan kurang dari 34 minggu atau berat badan lebih kecil dari 510 gr.

      Wajar jika DSA mengulang tahapan pemberian ASI. Selalulah konsultasi dengan DSA mengenai perkembangan bayi Bunda, agar Bunda merasa jelas apa yang terjadi dan penanganan seperti apa.. ;)

  2. meli August 4, 2014 at 8:11 am #

    Halo tipsbayi
    Anak sy lahir prematur tgl 13mei2014
    Dg berat badan 2300grm umur kehamilan 32minggu
    Dl dirawat di dlm inkubator 10hr
    Krn ada permasalahan di paru2 dan lambung/pencernaan

    Skg umur dia 2bulan 17hari

    Namun matanya/penglihatannya skg blm bs menangkap reaksi
    Jika saya pancing dg menggunakan mainan diatasnya.
    Tapi jika terkena sinar matahari matanya bs reflek berkedip karena silau apakah ini normal untuk bayi saya?

    • tips-bayi September 25, 2014 at 7:03 am #

      meli,

      Jangan khawatir dengan penglihatannya bayi Bunda…

      Bayi bisa melihat jelas pada umur 2 bulan, dalam beberapa bulan pertama bayi belum mampu memusatkan penglihatan terhadap objek yang berada lebih dari 25 cm dari wajahnya. Namun bila ada sumber penerangan yang kuat bayi baru lahir bisa menggerakkan kepalanya mencari cahaya itu.

      Karena bayi Bunda lahir prematur maka wajar jika perkembangannya agak sedikit lambat.. :)

  3. Cok tri July 16, 2014 at 2:00 am #

    Hai, saya punya bayi kembar lahir prematur 29-30 minggu, yg pertama bb 1250 gr yg kedua 1200 gr, di inkubator 50 harian, sekarang sudah umur 7 bulan kelahiran ( umur kronologis) bb yg pertama 6,3 kg yg kedua 6,2 kg, sudah tengkurap sendiri dan mulai duduk dengan bantuan , apakah perkembangannya normal? Mks

    • tips-bayi August 5, 2014 at 6:19 am #

      Cok tri,

      Perkembangannya masih NORMAL.. Perkembangan kemamapuan setiap bayi itu berbeda dan bersifat individual.. ada yang cepat dalam satu perkembangan dan lambat dalam yang lainnya. Bahkan bayi yang lahir normal juga banyak yang perkembangannya lambat.. Sekali lagi.. itu hal yang biasa.. ;)

  4. richa July 15, 2014 at 6:52 am #

    saya mempunyai bayi kembar prematur laki2 lahir pada usia 29 minggu dan dirawat di NICU selama 24 hari.Pada saat lahir BB/TB yang satu 1.990 gr/43 cm dan 900 gr/43 cm. Namun yang BBnya 900 gr meninggal di kandungan (IUFD. Saat ini usianya 10 bulan 15 hari dengan BB 7 kg dan TB 64 cm sudah bisa tengkurap bolak balik, bisa tersenyum, bisa memindahkan mainan dari tangan yang satu ke tangan yang lainnya dan sudah muncul gigi 2 di rahang bawah. namun untuk duduk sendiri masih belum bisa. ketika dilatih untuk duduk sendiri tanpa bantuan terkadang masih belum kuat serta belum bisa merangkak.kira2 bagaimana cara menstimulus yach..??
    mohon infonya..

    • tips-bayi August 5, 2014 at 6:14 am #

      richa,

      Sebenarnya Bunda tidak perlu terlalu khawatir dengan perkembangan kemampuannya, karena setiap bayi akan berbeda waktunya dan bersifat individual.., wajar.. ;)

      Untuk melatih bayi Bunda duduk sendiri, Bunda bisa mencobanya dengan BERTAHAP. Sebaiknya Bunda memperhatikan hal-hal lain sebagai ukuran normal tidaknya perkembangan anak. Apakah ia membalas tatapan Bunda dan tersenyum? Apakah ia penuh rasa ingin tahu dan senang mengeksplorasi keadaan sekelilingnya? Apakah ia mengeluarkan celotehan dari mulutnya, dan merespon senang ketika Anda mengajaknya ‘bercerita’?

      Pastikan saja bayi Bunda cukup ‘berlatih’ untuk memperkuat otot-otot leher dan punggungnya. Bunda bisa mengajaknya berlama-lama tengkurap sambil bermain, agar ia lebih banyak mengangkat leher dan melatih otot-otot lehernya menjadi lebih kuat.

      Lalu Bunda bisa coba menyandarkannya pada bantal-bantal yang disusun sambil memberinya mainan favoritnya. Tanpa disadari, sebenarnya ia sedang berlatih duduk sendiri.. ;)

  5. ling ling March 17, 2014 at 10:10 pm #

    Saya mau nanya.. ponakan saya lahirin anaknya 34 minggu dengan induksi 3kali bb 2.65 kg tapi bayi nya ga mau nyusu.. dibawa pulang 2hr beratnya nyusut jadi 2.4kg kalo minum sedikit sekali..kemaren malam ga mau minum sama sekali bibir dan badan nya jadi biru semua dibawa ke dr katanya paru2 nya penuh susu dan disedot semua tapi badan nya masih biru jari kaki n tangan nya biru sampe ke hitaman dan bayi nya juga ga bisa nangis.. kenapa ya dok bisa begitu? Kenapa paru2nya bisa penuh susu dan badan nya bisa jadi biru kadang lupa nafas juga..

  6. gracia riris February 23, 2014 at 1:28 pm #

    Bayi saya lahir prematur,32 minggu berat 1520 gram panjang 40 cm.dirawat di inkubator selama 10 hari.sekarang usianya 6,5 bulan berat 6,7kg panjang 63cm.saat ini gabriel bayi saya sudah dapat telungkup sendiri dan mengangkat kepalanya saat telungkup.akan tetapi kepalanya belum dapat tegak saat didudukkan dengan bantuan.apakah hal ini masih tergolong wajar?apa yg dapat menyebabkan hal tersebut?dan bagaimana cara menstimulasi agar kepalany bisa tegak?terima kasih.

    • tips-bayi March 7, 2014 at 8:05 am #

      gracia riris,

      Masih wajar Bun.. karena bayi Bunda lahir prematur, tapi ingat Bun.. bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi yang lahir normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok. Perkembangannya masih NORMAL Bun.. :)

      Berikut ini cara sederhana melatih bayi mengangkat kepalanya:

      . Tengkurap: Lakukan latihan ini beberapa kali sehari. Semakin sering berlatih, bayi Bunda kian mahir. Letakkan mainan menarik di dekatnya agar ia bertahan dalam posisi ini agak lama.
      . Rangsangan: Letakkan sebuah cermin (yang tidak dapat pecah terbuat dari bahan serupa plastik) di hadapannya atau ambillah posisi face-to-face. Biarkan ia bereksplorasi melihat dirinya sendiri pada cermin atau mengenali wajah Bunda sambil berbicara

  7. nina February 15, 2014 at 11:17 am #

    tips bayi,4 bulan lalu saya pernah bertanya tentang keadaan bayi saya yg hipotiriod,lahir premature 33 bulan,bb 1760gram tb 42cm,dirawat di perina 28hari,Alhamdulillah si adek sudah 4 bulan dan bb nya 5,6kg,tb 59cm,walaupun masih blm bisa tengkurap,tp sudah bisa miring dan tersenyum jika di cilukba,kepalanya juga belajar tegak,bersyukur sekali dokternya adek sigap menangani hipotiroid adek,sejak setelah skrining test langsung di beri thyrax dan sampai saat ini masih berlanjut,subhanallah saya bersyukur sekali pada Allah! semoga adek selalu sehat dan terus membaik,amin.ibu2 yg punya bayi hipotiroid bisa saling sharing barang kali bisa saling membantu info,terimakasih tips bayi

    • tips-bayi February 21, 2014 at 7:56 am #

      nina,

      Amiin.. Semoga bayi Bunda tumbuh sehat selalu.. :)

  8. ami February 4, 2014 at 8:39 am #

    anakku perempuan skrg sudah berusia 1th 3 bln,lahir dengan bb 2.6 kg dan tb 43,
    sekarang bb 8 kg tb 68,sudah bisa jalan,aktif banget,bicara pun sudah bisa
    yang saya tanyakan,apakah perkembangan bb dan tb anak saya normal?

    • tips-bayi February 15, 2014 at 4:17 am #

      BB bayi Bunda termasuk NORMAL.. karena termasuk 80% BB normal untuk bayi Indonesia.. tinggi badannya termasuk ideal dengan BB dan usianya,

  9. Ani Zakaria December 12, 2013 at 6:04 am #

    Sy mempunyai bayi laki-laki yg lahir prematur dengan berat badan 2 Kg dan sempat dirawat dalam inkubator selama 8 hari. Insya Allah tanggal 17 Desember 2013 nanti usianya genap 16 bulan. dengan BB saat ini 13 Kg. Sejak lahir dia saya beri ASi dan Sufor. namun sejak 2 minggu yang lalu dia tidak mau lg minum Asi, namu Sufornya masih kuat dan makannya cukup bagus.meskipun dia masih makan nasi tim dan belum mau makan nasi buat kita orang dewasa. . bayi saya sangat lincah dan terlihat sangat kuat dan energik dan daya tangkapnya juga sangat bagus. , diamnya hanya saat dia sedang tidur. namun saya sangat kwatir krn sampai saat ini dia belum bisa bicara dan belum bisa berjalan. Jika menginginkan sesuatu, dia menunjukkan ke arah benda yang diinginkan dengan suara yang tidak jelas. Jika kita menginginkan sesuatu atau menyuruh, dia sudah memahami. Dia baru berjalan sambil memegang meja dan belakangan ini dia suka menunjukkan kepada kami bahwa dia sudah bisa berdiri meskipun saat mau berjalan terjatuh lagi. padahal merangkaknya cukup lincah dan cepat. sejak kecil dia jarang sakit dan tidak rewel. yang saya ingin tau Apakah perkembangan anak saya masih normal, atau dia sangat lambat mengingat dia terlahir prematur dan apa yang harus saya lakukan agar anak saya bisa berkembang seperti anak normal lainnya? anak perkembangannya,

    • tips-bayi December 31, 2013 at 1:10 am #

      Ani Zakaria,

      Lincah dan energik tanda bayi Bunda sehat.. Sudah mulai belajar jalan, bagus Bun.. bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok. Berikan rangsangan untuk lebih giat berlatih.. NORMAL Bun.. ;)

    • mala oktaviani January 22, 2014 at 1:09 am #

      Pagi dok…
      Slam kenal…

      Saya melahirkan kemarin tggla 14 desember 2013,dngan usia kehamilan 31-32 minggu dngan berat 1600gr & pnjang 42cm dn drwt di nicu & perina total 20 hari
      Skrang sudah boleh di bawa pulang & brat nya sudah trus naik ckrg 2,5kg brat nya trus naik tyap hari
      Yg syan mau tnyakan dok kmrn saya priksakan anak saya k dr.mata tuk cek kadaan mata nya trnyta pmbuluh drah pada retina nya tdak brkmbang & kta dokter nya hrus sgera di laser,ap itu yg dinamakan ROP dok?
      Trus apa bahaya nya dok?
      Apa cara pngobatan nya hrus dngan cara di laser dok?
      Tlg pnjlsan y ya dok saya sngat khawatir trmaksih

      • tips-bayi February 5, 2014 at 2:10 am #

        mala oktaviani,

        Pagi.. Salam kenal kembali.. Mohon maaf baru dijawab..

        Laser merupakan terapi pilihan pada ROP yang mencapai stadium ambang batas, yaitu ROP stadium 3+. Pada prinsipnya, daerah retina yang belum berkembang akan dibakar dengan laser agar tidak sampai terbentuk pembuluh darah yang abnormal.

        Keunggulan laser adalah: lebih tidak sakit, pembengkakan mata lebih jarang terjadi, dan resiko henti napas lebih kecil dibanding cryoterapi

        Cryoterapi adalah suatu tindakan membekukan jaringan. Tujuan cryoterapi dan laser pada pengobatan ROP kurang lebih sama, tetapi efek samping cryoterapi cenderung lebih besar sehingga kini sudah jarang digunakan.

        Jika laser maupun cryoterapi tidak berhasil baik mencegah ROP stadium 3 menjadi stadium 4 atau 5, maka pilihan terapinya adalah operasi. Salah satu teknik yang dilakukan pada stadium 4 dan 5 adalah vitrektomi, yaitu membersihkan jaringan cairan bola mata (vitreous) dan melepas jaringan ikat yang mengelilingi retina.

        Akan tetapi, operasi pada kasus ROP stadium 5 hasilnya tidaklah memuaskan. Oleh karena itu, pencegahan dan penemuan kasus sedini mungkin sangatlah penting.

        Sebagai alternatif dari tindakan-tindakan tersebut, terdapat bentuk terapi lain yang disebut penggunaan Anti VEGF (Bevacizumab) untuk mengatasi pembuluh darah baru abnormal yang telah terbentuk. Terapi ini dilaporkan memberikan hasil yang sangat bermakna, meski masih dalam penelitian lebih lanjut.

        Semoga buah hati Bunda baik-baik saja dan lekas sehat Bun.. :)

  10. Doris December 1, 2013 at 2:56 am #

    Hi dok, anak saya kembar lahir pada 36 minggu dua2nya laki2 lahir dgn BB 2.2 & 2.1, PB: 47cm. Saat ini berusia 2 bulan 1 minggu dgn BB: 4.5 & 4.2, PB: 55 & 54.

    Mereka masih minum Asi + Sufor tapi sering muntah setiap habis minum mulai dari newborn sampai sekarang. awalnya minum 30cc sekarang sudah 80cc yang sebenarnya masih kurang bagi mereka. pada saat susu habis sering nangis tapi tidak saya tambah lagi karena takut mereka kekenyangan (tidak tambah saja masih sering muntah apalagi ditambah ya).

    Dengan kondisi sekarang, kira2 apa ya masalahnya dan bagaimana cara mengatasi keadaan muntah2 begini? mohon solusinya. Thx

    • tips-bayi December 5, 2013 at 3:59 am #

      Doris,

      Si mungil yang lucu ya.. :)

      Apakah Bunda sudah mencoba hanya memberikan ASI saja tanpa diselingi sufor..? Coba deh Bun.. ;)

      Bayi Bunda tidak sedang batuk kan.. Berikut penyebab bayi muntah selain karena batuk berdahak:

      - Tanda Alergi
      Pada umumnya gejala dan tanda yang ditimbulkan akibat alergi susu sapi dibagi atas Reaksi cepat yaitu dalam 45 menit setelah paparan, berupa: erupsi pada kulit, bersin-bersin, batuk, hidung berair, ngorok. Reaksi lambat (terjadi dalam 20 jam) setelah paparan berupa diare, pucat, muntah. Reaksi sangat lambat (setelah 20 jam) berupa diare, gejala gangguan pernafasan..
      Benar bu.. bisa juga turunan, jika ada riwayat alergi pada Anda atau suami Anda.. Akan tetapi jangan khawatir kasus alergi susu umumnya akan hilang saat anak berusia satu tahun ke atas atau sudah berusia 15 tahun. Menurut data, sebanyak 56 persen bayi yang sebelumnya menderita alergi susu, sudah menjadi toleran ketika berumur satu tahun. Sedangkan pada umur 15 tahun, 95 persen anak sudah tidak menderita alergi susu lagi..

      Saran kami untuk mengantisipasi alergi, untuk sementara hidari saja dulu perkiraan pencetus alerginya, berikan ASI saja terus..

      - Pemakainan gurita.
      Kalau bayi Anda masih memakainya, coba lepas saja.

      - Posisi menyusui atau makan
      Sering ibu menyusui sambil tiduran dengan posisi miring sementara si bayi tidur telentang. Akibatnya, cairan tersebut tidak masuk ke saluran pencernaan, tapi ke saluran nafas. Bayi pun muntah. Karena itu, kalau menyusui, posisi bayi dimiringkan. Begitu juga ketika memberi makan kepalanya harus lebih tinggi dari kaki sehingga membentuk sudut 45 derajat. Jadi cairan atau makanan yang masuk bisa turun langsung ke bawah..

      - Tersedak

      - Lambung yang penuh juga bisa bikin bayi gumoh. Ini terjadi karena makanan yang terdahulu belum sampai ke usus, sudah diisi makanan lagi. Akibatnya si bayi muntah. Lambung bayi punya kapasitasnya sendiri. Misalnya bayi umur sebulan, ada yang sehari bisa minum 100 cc, tapi ada juga yang 120 cc. Nah, si ibu harus tahu kapasitas bayinya. Jangan karena bayi tetangganya minum 150 cc lantas si ibu memaksakan bayinya juga harus minum 150 cc, padahal kapasitasnya cuma 120. Jelas si bayi muntah…

      Ada baiknya juga Anda kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/kolik_bayi.html

  11. iis nila sari November 1, 2013 at 6:04 am #

    Putri saya lahir 1 Juli 2013 lahir prematur 34-35 minggu dengan berat 1,9 kg panjang 40 cm ,sekarang usia baby saya tepat 4 bulan dengan BB 6,2kg panjang 64cm, Apakah berat tubuhnya berlebihan ?

    • tips-bayi November 8, 2013 at 7:44 am #

      iis nila sari,

      BB bayi Bunda cukup bagus tidak terlalu lebih.. Sudah seperti BB bayi yang lahir normal.. ;)

  12. juwita October 24, 2013 at 3:37 am #

    Saya melahirkan prematur,lahir 8 bln,bb 2kg,panjang bdn 41.
    skrng ank sy umur 5 bln,yng mau sy tanya..knp anak sy kepalanya blum bisa tegak.miring,tengkurep sudah bisa.

    • tips-bayi October 28, 2013 at 9:30 am #

      juwita,

      Sudah bisa miring dan tengkurap ya.. Bagus tuh.. :)
      Untuk tegak kepalanya, coba tunggu sampai usia 6 bulan.. Insya Alloh bayi Bunda bisa tegak..

  13. ririn October 17, 2013 at 2:23 am #

    Asslmkm wr wb.
    Saya punya bayi kembar laki2 usia 12 bulan. Lahir prematur 34 mgg 5 hr. Bbl 2100gr dan 1900gr. Saat ini beratnya 8.5kg dan 7.8kg. Yg ingin saya tanyakan :
    1. Apakah bb anak kembar saya sesuai. Teutama yg lbh kecil.
    2. Anak2 saya sulit diberi makanan padat. Sampai saat ini msh bubur saring. Bila diberi padat sedikit, langsung muntah. Bagaimana cara memperbaikinya?
    Terimakasih

    • tips-bayi October 22, 2013 at 4:38 am #

      ririn,

      Wa’alaikum Salam Wr Wb.,

      1. BB anak Bunda masih termasuk NORMAL.. karena termasuk 85% dan 80% BB normal untuk anak Indonesia yang lahir tidak prematur.. ;)

      2. Rubahlah teksturnya bertahap sedikit demi sedikit. Coba juga memberikan finger foods (potongan sayuran rebus atau buah) maka nantinya akan terbiasa dengan mengunyah makanan padat..

  14. nina October 15, 2013 at 9:49 am #

    tips bayi,saya mau tanya, sebulan lalu saya melahirkan bayi prematur 33minggu bb 1760gram,pb 42cm,sampai saat ini masih dirwat di rs.namun pada minggu pertama setelah kelahiranya, berat badanya turun drastis menjadi 1300gram,lalu pada hari ke sepuluh dilakukan tes skrining dan terntaya bayi saya hipotiroid. apakah hipotiroid sangat berbahaya pada bayi prematur?dan bagaimana cara pengobatan yang tepat?apakah anak saya masih dapat normal kembali?terimakasih banyak

    • tips-bayi October 21, 2013 at 6:14 am #

      nina,

      Bunda.. Sebaiknya ikuti petunjuk dokter untuk segera terapi khusus.. Insya Alloh bayi Bunda akan normal kembali.. Semoga Alloh Swt mudahkan..

  15. mariana October 12, 2013 at 2:33 am #

    hai tips bayi,
    anakq lahir 31minggu, bb 1800gr..sekarang udah 4 bulan ( usia kronologis ) bb sekitar 5kg ( lum timbang lagi ) panjang 53cm. kalo ditengkurepin ud bisa angkat kepalanya tegak, kalo diajak ngomong jg ud bisa respon, kadang jg ngoceh. yang mau saya tanyakan kenapa ya anakq tiduuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuurrrrr terus. trus dia jg gak kagetan..apa kalo bayi prematur itu tidurnya lebih banyak dr anak normal?trus anakq juga jarang banget nangis..normalkah itu?
    makasih sebelumnya..

    • tips-bayi October 17, 2013 at 3:34 am #

      mariana,

      BB bayi Bunda masih termasuk NORMAL.. karena termasuk 80% BB normal untuk bayi Indonesia yang lahir cukup usia..

      Tidur terus gak apa-apa Bun.. Lamanya tidur 11-13 jam sudah cukup bagus.. Biasakan membentuk pola tidur yang baik, karena perkembangan otak bayi terjadi ketika bayi sedang tidur..

      Perlu bunda ketahui.. 90% pertumbuhan otak manusia terbentuk ketika ia berusia 0-3 tahun. Itulah GOLDEN AGE..

      Melihat perkembangan bayi Anda, cukup bagus kok.. ;)

  16. ahadi August 18, 2013 at 4:20 pm #

    assallamualaikum…
    saya punya anak laki2 yg lahir prematur.pada saat lahir (25 maret 2013) bb 1.300 gr..skr berat nya 6 kg..yang saya mau tanyakan
    1. bayi saya belum bisa melihat seperti bayi pada umumnya..apa ciri2 bayi yg terkena ROP? pemeriksaan apa ka yg harus saya lakukan?
    2. ada tidak bayi yg lahir prematur baru bisa melihat pada saat umur nya lebih dr 6 bulan?

    terima kasih atas jwbannya…

  17. khanza July 14, 2013 at 1:09 pm #

    Sy melahirkn prematur 6 bln sekitar setahun lebih,anak perempuan bb 1400kg, sekarang usia anak sy 1th 1bln, tp anak sy blum bisa jalan, sdh bs berdiri sendiri tp harus pegangan di t4 tidur atau dmna pun, dan klo pun di latih berdiri kemudian dilepas,anakx takut malah lgsg duduk..dan gigix pun blum tumbuh, dan blum ada tanda2 tumbuh dr gusix.
    Apa kah normal perkembangan anak sy, apakah sdh bs sy kasih makan nasi sesuai dgn usiax? Padahal dia blum ada gigi? Tlg tanggapanx, trima kasih sebelumx

    • tips-bayi July 17, 2013 at 7:29 am #

      khanza,

      Masih NORMAL Bun.. karena kalau dihitung perbandingan usianya sama dengan bayi yang masih berusia 10 bulan.. Sudah bisa berdiri itu perkembangan yang cukup bagus, rajinlah dititah Bunda juga bisa melatihnya dengan mendorong galon misalnya..tapi sambil ditahan galonnya oleh Bunda agar jalannya tidak cepat cepat. Sepertinya tidak lama lagi insya Allah anak Bunda akan bisa jalan sendiri.. ;-)

      Gigi.. Jangan khawatir juga.. Jika dalam 4bulan ke depan tidak ada tanda-tanda tumbuh.. bisa Bunda periksakan ke DSA..

  18. anik June 24, 2013 at 1:59 am #

    anak sya dilahirkan saat usia kandungan 8 bulan…saya mau menanyakan apakah rata rata perbandingan kepala bayi prematur itu lebih besar dari pada badanya…?

    • tips-bayi June 26, 2013 at 3:42 am #

      anik,

      Semua bayi Bun.. bukan hanya bayi yang lahir prematur.. kepala bayi akan terlihat lebih besar. Belum proporsional seperti orang dewasa.. ;-)

  19. Yuli June 12, 2013 at 9:03 am #

    Dear tips bayi,
    Anak saya lahir prematur kembar perempuan dan laki-laki dengan berat badan yang berbeda, laki-laki 1660gr dan perempuan 1570gr. Mereka tumbuh dengan baik, makan juga mau, susu formula juga mau karena saya ibu bekerja dan memang asi saya berkurang dikarenakan tingkat stress saya pada waktu melahirkan mereka, hanya 2 bulan mereka minum asi. Mereka dirawat diruang NICU 1 bulan dan ruang Perina juga hampir 1 bulan.
    Usia anak kembar saya sekarang sudah 12 bulan 12 hari, tinggi badan dan lingkar kepala terbilang noermal, sementara si perempuan sdh aktif merangkak, duduk, berdiri dan mengoceh dengan berat badan 8,6kg. yang laki-laki lah yang saya khawatirkan sampai saat ini tengkurap blm bisa, masih dibantu, badan baru bisa miring miring, tangan agak kaku untuk memegang mainan, berat badan sudah 9,5kg, kalo mau duduk masih dbantu tp belum tegak, tp ada kemauan untuk berdiri walaupun kaki blm begitu kuat.
    Sudah sebulan lebih ini saya melakukan pijat bayi seminggu sekali dan seminggu terakhir ini membiasakan bayi laki-laki saya untuk berenang setiap harinya dengan menggunakan baby swimming pool dan neck ring dirumah. Juga melatih baby gym untuk menstimulasi otot otot nya.
    Pertanyaan saya, apakah bayi laki-laki saya mengalami masalah, karena saya juga selalu mengkosultasikannya ke dokter anak. Apakah perlu bayi laki-laki saya dilakukan city scan apabila dalam sebulan kedepan tidak ada perubahan? Tolong bantu saya memberikan saran atas masalah tersebut. Saya selalu berdoa semoga anak kembar saya dapat tumbuh sehat dan normal seperti anak lainnya. Terima kasih.

    • Yuli June 12, 2013 at 9:11 am #

      bayi kembar saya lahir di usia kandungan 31 minggu (7 bulan)

    • tips-bayi June 13, 2013 at 3:34 am #

      Yuli,

      Usaha yang Bunda lakukan sudah bagus.. terus jangan putus asa, lakukan dengan sabar penuh kesabaran..
      Bisa saja bayi Bunda yang laki-laki agak sedikit telat untuk perkembangan kemampuannya, kaena perkembangan kemampuan setiap bayi itu berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.. walaupun kakak beradik tidak ada yang sama.. Apalagi bayi Bunda yang lahir prematur kemungkinan bisa saja terlambat.. tapi normal..

      Akan tetapi tidak ada salahnya jika Bunda ingin melakukan city scan, bisa Bunda tunggu sampai usia 14 bulan.. jika tidak memperlihatkan perkembangan bisa Bunda coba city scan..
      Semoga buah hati Bunda baik-baik saja..

      • Ochie June 14, 2013 at 5:40 am #

        saya mau tanya, saya melahirkan bayi prematur di minggu ke 35W dengan berat badan bayi 2,3kg panjang 46cm, skrg usianya sudah 6minggu dengan berat badan 3,6kg yang ingin saya tanyakan apakah pertumbuhan berat badan bayi saya masih normal? penglihatan bayi saya blm bisa fokus, kira2 pada usia brp bayi saya bisa melihat? terima kasih

        • tips-bayi June 18, 2013 at 4:31 am #

          Ochie,

          Masih NORMAL Bun.. masih termasuk 85% BB bayi normal indonesia..

          Bayi bisa melihat jelas pada umur 2 bulan, dalam beberapa bulan pertama bayi belum mampu memusatkan penglihatan terhadap objek yang berada lebih dari 25 cm dari wajahnya. Namun bila ada sumber penerangan yang kuat bayi baru lahir bisa menggerakkan kepalanya mencari cahaya itu. Mata bayi baru lahir peka terhadap wajah manusia dan gerakan. Terhadap warna pun masih terbatas pada warna-warna cerah seperti merah, biru, lalu berkembang ke warna sekunder (hijau dan kuning).maka beri dia stimulasi (rangsangan) untuk melihat dengan memperlihatkan benda yang berwarna mencolok, seperti bantal, kain atau kertas kecil atau mainan gantungan berwarna warni.

          Sering ajak bayi Anda berbicara agar dia bisa mengenali suara kita (ibu dan ayah) sehingga dia terdorong untuk mencari sumber suara dengan melihat dan menengok.. :-)

          Oh ya.. ada beberapa yang perlu Bunda perhatikan:

          1. Jangan menggantung mainan tepat di atas mata. Mainan tepatnya bisa digantung di atas perut, jadi nyaman buat bayi Anda untuk melihatnya.

          2. Jangan menarik perhatian bayi dengan barang-barang yang diletakan terlalu dekat pada matanya. Jarak yang baik adalah 25-30 cm.

          3. Jangan menarik perhatian bayi Anda untuk melihat melewati ubun-ubunnya. Sering kali tanpa sadar kita mengelilingi bayi kita. Suara orang yang duduk di dekat kepalanya pasti juga menarik perhatian bayi Anda, sehingga dia akan berusaha melihat arah suara. Jadi, sebaiknya jangan kita duduk atau menempatkan barang didekat kepalanya.

  20. Putri rosalia June 8, 2013 at 8:28 am #

    Saya mau tanya…saya melahirkan bayi prematur 8bulan kurang 1minggu BB wakyu lair cuma 2,1 trus dia di inkubator 7hari berat badannya turun,4 hari saya bawa pulang beratnya 2kg,sekarang usianya sudah 12 minggu beratnya 4,7kg,dia sering muntah(gumoh),trus pas BAB fesesnya cair,waktu malam dia sering ngeden,seperti orang sakit perut,kenapa dia begitu,apa memang seperti itu semua bayi prematur

    • tips-bayi June 12, 2013 at 12:46 am #

      Putri rosalia,

      Gumoh jika tidak diikuti keluhan lain seperti demam.. bisa saja karena perutnya kepenuhan atau ASI belum turun ke lambung. Maka setelah Bunda menyusui sebaiknya bunda sendawakan dulu..

      Feses bayi memang umumnya tidak berbentuk, bisa seperti pasta/krem, berbiji (seeded), dan bisa juga seperti mencret/cair.. Bisa jadi bayi Bunda mencret tapi tidak diare..

      Untuk BAB bayi yang terlihat ngedennya seperti susah dan gelisah, memang terkadang terjadi demikian, disamping bayi Anda masih belajar itu wajar karena sistem pencernaan bayi dan pembentukan enzim pencernaan pun belum sempurna.. ;-)

  21. nur amanah May 22, 2013 at 8:32 am #

    saya mau tanya ?. tgl. 22 feb 2013 sya melahirkan prematur 6 bln dgn BB 1050 gram TB 33cm. bayi saya di inkubator selama 2 bln sudah mernjalani pemeriksaan CT Scan, USG kepala, pemeriksaan mata semuanya bagus. tapi hasil menurut hasil pemeriksaan THT telinga kiri bayi saya kurang pendengaran. dokter menyarankan u/ memperbaiki nutrisi di rumah. saat pulang ke rumah berat bayi sdh mencapai 1800 gram.saat ini bayi saya berusia 3bln dgn berat badan 2500 gram dan tinggi badan 48 cm. 10 hari perawatan di rumah berat bayi langsung mencapai 2500 gram. setelah 10 hari sampai sekarang berat bayi blm ada kenaikan lgi. tetepi saat ini bayi sudah mulai aktif bisa mengankat kepala saat di tengkurepin dan bisa membalikan kepala sendiri saat di tengkurepin
    yg saya tanyakan:
    1.apakah dengan berkembangnya berat badan si bayi. pendengaran si bayi akan mengalami peningkatan menjadi lebih baik.
    2. apakah perkembangan berat bayi prematur memang agak lambat dri bayi normal sedangkan si bayi sudah kuat dan bertambah banyak minum susunya dari sebelumya.?

    • tips-bayi May 30, 2013 at 1:39 am #

      nur amanah,

      1. Insya Allah akan membaik.. Karena memang sebelumnya perkembangan organ buah hati Bunda belum sempurna, maka insya Allah seiring dengan tumbuh pesatnya BB dan kemampuan bayi.. maka kemampuan pendengaran juga akan membaik..

      2. Tidak bisa dipastikan.. Yang lahir normal sekalipun tidak sama untuk perkembangannya.. ada yang cepat dalam salah satu perkembangan dan ada yang lambat dalam perkembangan lain. Akan tetapi Bunda jangan khawatir.. terlihat buah hati Bunda perkembangan kemampuannya cukup bagus..
      Semoga perkembangannya tambah pesat Bun ya.. ;-)

    • susi nurniati June 1, 2013 at 4:41 pm #

      saya mau tanya?tgl 10nov 20112 saya melahirkan prematur BB 1800gram TB 43cm bayi saya di incubator selama 1 bulan

      • tips-bayi June 3, 2013 at 3:13 am #

        susi nurniati,

        Sekarang bayi Bunda sudah 7 bulan ya.. Apa yang mau Bunda tanyakan..? ;-)

  22. fitri May 16, 2013 at 6:44 am #

    Putri saya sudah k luar dri Rs.n bb nya naik cuma 1 ons.lahirnya 1,6 n selama d incubator sampai d bawa pulang hanya 1,7 selama 12 hari..n pas d bawa pulang perkembangan nya sangat pesat sekarang dia sudah bisa menyusu asi langsung dri badan saya,n berat badannya terus naik n sekarang umur nya sudah 1 bulan 12 hari bb nya 2,5 kg oh ya saya mau tanya klw bayi prmatur sehat n normal seperti apa ya..cz anak saya kuat banget nyusu nya,n banyak gerak n nangisnya nyaring banget klw lagi laper…kira2 normal n sehat gk

    • tips-bayi May 28, 2013 at 3:16 am #

      fitri,

      Kuat menyusunya dan banyak gerak, itu tanda bayi Bunda sehat.. Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur.
      Terlihat bayi Bunda perkembangannya mulai bagus, pantau terus perkembangannya dan konsultasikan selalu dengan DSA. ;-)

  23. Henry P May 13, 2013 at 5:05 pm #

    Sy mau share tgl 5 mei 2013 istri sy melahirkan baby kami dg berat 1.100gr. Skrg anak sy dirawat di NICU. Dlm 6 hri berat nya naik jadi 1200gr. Yg ingin sy tanyakan apakah memang bayi premature srg lupa nafas ? Bagaimanakah sebaiknya perawatan bayi premature kalau sudah pulang kerumah ? Terima ksh.

    • tips-bayi May 21, 2013 at 2:57 am #

      Henry P,

      Memang benar, pada bayi yang lahir di bawah 34 minggu belum memiliki pola nafas teratur sehingga terkadang “lupa” bernafas karena paru-parunya belum sempurna.

      Untuk itu, orangtua dengan bayi prematur hendaknya selalu mengamati perkembangan anaknya dan sering berkonsultasi dengan DSA.. ;-)

      Perhatian dan kasih sayang orangtua mutlak diperlukan agar bayi prematur dapat berkembang secara optimal. Sentuhan dan belaian bahkan terbukti secara bermakna dapat membantu mereka tumbuh normal seperti bayi lainnya. Semakin dini dilakukan stimulasi (rangsangan), maka hasil yang diperoleh juga lebih bagus. Pijat bayi bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa diterapkan oleh orangtua pada bayinya. Satu hal yang perlu diingat, hendaknya orangtua senantiasa bersyukur dengan kehadiran buah hatinya dan tidak berkecil hati meski bayi mereka terlahir prematur..

      Silahkan kunjungi:

      http://www.tipsbayi.com/pijat-bayi.html

  24. Fajarianik April 24, 2013 at 9:21 am #

    Hi….

    Mau sharing bayi sya lahir pada 15 desember 2013 , degan berat 1.240 gramm, dan lahir pada usia 36 weeks, sya terkena iugr, BBLSR, namun nilai apgar cukup bagus yaitu 8-9, ysng ingin sya tanyakan bgaimna perkambangan bayi yng terlahi dengan iugr, apa beda dengan bayi premature lain? fyi bayi sya sekg berusia 4 bulan usia (usia kronologi) dan 3 bulan usia koreksi, smapai sekrag full asi + ditambah similac hmf untuk nambah beratnya. di usia 3.5 bulan dia sudah ternsnyum dan mengoceh kadang berteriak. anak sya juga terkena hernia di bawah perut sebelah kiri. hasil ROP negatif, jantung semua normal, hanya test THT yang belum syaa lalui mohon penjelasnnya untuk perkembangan bayi dengan IUGR

  25. ita April 10, 2013 at 1:20 am #

    mau tanya,

    bayiku lahir 1,1 kg panjang 37 di usia kehamilan 33 minggu. Saat ini usia 6 bulan dan beratnya 5.5 kilo. Udah bisa tengkurep sendiri, tapi belum bisa balik sendiri. kepala udah ngangkat tegak kalo di tengkurepin. kalo diangkat berdiri, kakiknya nendang-nendang ke paha kita. Ketawa-ketawa, ngoceh dan teriak-teriak udah kalo diajak ngobrol, tapi kadang-kadang kalo dipanggil ngga selalu ngeliat, seperti sibuk dengan pemandangan sekelilingnya yang lebih menarik. Normalkah anak saya?

    • tipsbayi April 10, 2013 at 12:12 am #

      Untuk bayi prematur, gambaran dari Anda menunjukkan perkembangan yang positif bunda.. ;)

  26. fitri April 6, 2013 at 3:02 pm #

    Mau tanya..saya baru melahirkan seorang putri yg baru masuk 32 mgu..bb nya 1,6 kg n tinggi 40 cm..n saya tanya sama perawat d rumah sakit d bilang kondisi anak saya normal..jadi saya bingung ,mang harus berapa lama bayi yg beratnya 1,6 kg yg d bilang semuanya normal harus tinggal d incubator..n anak saya sudah bisa minum asi saya n dia tenang seperti kbanyakan anak biasanya setelah kenyang tidur..n waktu d dlm kandungan dia jga sering saya dengarkan surat mariyam n itu membuat dia tenang n tak menendang2 perut lagi..jadi apa yg saya lakukan apa kah saya harus melakukan rekaman ulang semasa dia di dalam kandungan atw saya coba membangun kan dia bahwa dia sudah tidak d dalam perut ibu nya lagi..jadi bingung apa bayi bisa kluar setelah bb nya 2,5 kg..tlong kasi info wat saya makasih

    • tipsbayi April 6, 2013 at 11:39 pm #

      Bunda, pada dasarnya, si kecil akan terus dirawat dalam inkubator hingga ia bisa ‘menyusul’ ketertinggalannya dalam pertumbuhan, hingga seperti bayi yang terlahir normal. Jadi, hingga usianya mendekati kelahiran normal, yaitu sekitar 36 minggu. Nantinya, dengan arahan dari tim medis yang menanganinya, Anda bisa melanjutkan perawatannya dengan metode ‘Kangguru’, yaitu meletakkan bayi dengan kontak kulit bersama ibu atau ayahnya, untuk mempertahankan kehangatan suhu tubuhnya.

  27. rani sholihin April 3, 2013 at 5:43 am #

    anak saya lahir SC 8 bulan dengan BB lahir 1,4 kg. sekatang usia 9 bulan BBnya 8 kg. sampai sekarang masih belum bisa bolak balik, bagaimana agar si kecil perkembangannya cepat?

    • tipsbayi April 3, 2013 at 10:39 am #

      Bisa dilatih bunda, dibolak-balikkan dengan perlahan dan terus diawasi…

  28. Rizka March 10, 2013 at 7:22 am #

    Saya mau nanya,
    Anak saya lahir prematur, waktu lahir berat badannya 2,4 kg
    sekarang anak saya sudah 5 bulan, bb nya 4,7 kg
    tapi sepertinya belum bisa melihat dan lehernya belum bisa tegak
    saya sudah konsul ke doktor anak, dan menurutnya kemungkinan anak saya tidak bisa melihat..
    Rencananya anak saya akan menjalani tes CT Scan dan EEG
    Apa yang seperti itu memang selalu terjadi pada setiap bayi prematur?
    dan minta tolong diberikan solusinya :)
    Terima Kasih

    • tips-bayi March 19, 2013 at 2:16 am #

      Rizka,

      Kami sangat berharap dugaan dokter Anda salah.. Baik sekali jika bayi Anda menjalani tes tersebut, akan tetapi Anda jangan terlalu khawatir. Hal demikian tidak selalu bahkan jarang terjadi pada bayi prematur..

      Berdo’alah selalu pada Allah.. Allah lah yang memberikan sehat ataupun sakit.. :-)
      Ingatlah “Allah bagaimana prasangka hambanya…” Jadi yakinlah..

  29. Pitsari March 4, 2013 at 2:30 am #

    anakku cewek lahir 2.6 kg melaui caesar, sekarang dia usia 10 bln dan berat badan 6,9 kg. dia hanya minum susu formula, kebetulan asi saya tidak keluar banyak waktu dia lahir. lain seperti kedua abangnya yg asi ekslusif. giginya sudah 6, tapi dia belum bisa duduk apalagi berdiri dan kepalanya belum kuat jika dia tengkurap. saya takut sekali melihat perkembangan bayi saya ini. saya mohon penjelasannya. untuk saat sekarang saya hanya kasih dia tambahan vitamin.apakah bayi saya ini harus difisioterapi, karena kebetulan saya memang belum pernah bawa dia ke dokter anak. karena saya mau lihat perkembangannya sampai umur 12 bln ini.

    • tips-bayi March 9, 2013 at 1:46 am #

      Pitsari,

      Anda jangan terlalu khawatir.. Bawa saja buah hati Anda ke DSA agar Anda tidak ragu dengan kondisinya..
      Meskipun memang perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, ada yang cepat dan ada juga yang sedikit lambat.. ;-)

  30. nova February 6, 2013 at 7:28 am #

    saya mau tanya tgl 31-01-2013 kemarin saya melahirkan bayi prematur dgn berat 1kg,skrg baby di rawat di rs dan di masukkan kedalam incubator..kira2 berapa lama masa penyembuhan si baby,dan apa obat yang bagus buat si baby,kata dokter paru2 baby masih muda..
    mohon penjelasannya.

    • tips-bayi February 7, 2013 at 2:48 am #

      nova,

      Inkubator adalah suatu alat yang digunakan untuk mempertahankan kondisi lingkungan yang sesuai untuk neonatus (bayi baru lahir). Hal ini digunakan dalam Kelahiran prematur atau untuk beberapa bayi baru lahir yang rentan penyakit. Perlindungan dari suhu dingin, infeksi, kebisingan, draft dan penanganan kelebihan Inkubator dapat digambarkan sebagai bassinets tertutup dalam plastik, dengan peralatan kontrol suhu yang dirancang untuk menjaga mereka hangat dan membatasi eksposur mereka terhadap kuman. Mempertahankan keseimbangan cairan dengan menyediakan cairan dan menjaga kelembaban udara, baik kelembapan yang tinggi dari kulit dan penguapan dari pernafasan bayi. Maka cukup penting kan..?

      Paru-paru ataupun semua organnya memang masih muda. Anda jangan khawatir.. Insya Allah.. Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal..

      Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok.. ;-)

  31. Lannie January 30, 2013 at 6:58 am #

    aq mau tanya dong…anaku lahir prematur denga berat badan 800gram tinggi 40cm skrng dy sudah 11 bulan,,,,berat badannyaurang lebih 11 kg,,,mkn dia pinter ga susah dan dy minum sufor dan asi krn sy kerja, tp perkembangannya dia belum bisa merangkak dng benar ada tengukrep saja cuma bisa mundur blm bisa mengangkat badannya…seperti bayi lain….saat ini sy jd binggung dan takut klw anak sy tdk bs jln…klw d baby walker dy lancar lari kesana kemari,,,tp klw berdiri sendiri blm,,,menurut bunda gm ya apa anak sy msh normal????……apa krn dy terlalu gendut…

    • tips-bayi February 5, 2013 at 10:45 pm #

      Lannie,

      Terlihat perkembangan BB-nya bagus.. Bisa mundur..? Nah ini permulaan yang baik, NORMAL kok.. Bunda jangan terlalu Khawatir….Terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. Dan bahkan terkadang ada juga yang tidak melalui tahapan yang biasa. Perkembangan fisik dan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal perkembangan yang sama, meskipun kakak beradik sekalipun. Faktor keturunan sangat berpengaruh..

      Insya Allah tidak ada kelainan Bun.. ;-)

      Rajinlah merangsang bayi Anda untuk lebih aktif lagi, jika Bayi Bunda sudah bisa berdiri.. Bunda bisa mencoba tips sederhana untuk mengajari bayi Bunda jalan dengan cepat.. Ajarkan berjalan dengan mendorong kursi plastik kecil atau galon air mineral besar.. Dengan begini maka buah hati Bunda akan lebih termotifasi untuk cepat belajar jalan.. Akan tetapi HARUS selalu Bunda dampingi..

  32. resty January 15, 2013 at 11:40 am #

    Ass, anak saya lahir pd usia 34w dengan bb/tb 1800gr/143cm. Skrg sudah berusia 4m dengan bb 5500gr. Pasca kelahiran sempat di inkubator selama 10d dan pulang kerumah dengan paksa karna bbnya yg tak kunjung nzik. Sekarang dia juga sudah mengoceh, tersenyum, tertawa, meraih benda juga menggerakan benda yg digenggamnya lalu dimasukan ke dalam mulut. Saya memberinya ASI mix sufor, karna saya kerja dan tidak bisa selalu memberi ASI setiap saat. Masalahnya, anak saya suka menangis ingin duduk tegak bahkan berdiri. Padahal tengkurap pun dia belum bisa. Juga selalu menggigiti karet dot bila sedang diberi sufor dan puting saya ketika diberi ASI seperti akan tumbuh gigi. Sehingga asupan sufor dan ASI nya kurang. Dia juga selalu mengarahkan badannya ketika saya sedang makan dihadapannya seperti sudah ingin makan saja. Yg ingin saya tanyakan :
    1. Normalkah bb anak saya yg baru 5500gr diusianya yg sudah 4m ?
    2. Bagaimana dengan kebiasaannya yg selalu ingin duduk tegak serta ingin berdiri, apakah tidak akan menimbulkan masalah pada tulang bag belakangnya ?
    3. Apakah anak saya akan tumbuh gigi, padahal usianya baru 4m ?
    4. Apakah dengan kebiasaan anak saya yg selalu memajukan badannya ketika saya makan menunjukan bahwa dia telah siap diberi MPASI ?
    Mohon penjelasannya ya, mohon maaf bila pertanyaannya terlalu banyak, terimakasih. Wass

    • tips-bayi January 16, 2013 at 7:19 am #

      resty,

      Wa’alaikumussalam,

      1. BB bayi Anda termasuk NORMAL.. karena termasuk 85% BB normal untuk bayi Indonesia..

      2. Sebaiknya Bunda jangan dulu membiasakan mendudukan tanpa sandaran atau memberdirikan jika belum waktunya, kasihan terlalu membebani tulang belakangnya..

      3. Bisa saja tumbuh gigi meskipun usianya masih 4 bulan, bahkan ada gigi neonatal yang tumbuh dalam 30 hari pertama sejak bayi lahir. Gigi-gigi tersebut biasanya adalah gigi susu yang tumbuh lebih cepat dari waktunya. NORMAL saja Bun..

      4. Bisa saja memang bayi Bunda sudah minat makan, banyak para ibu yang memberikan MPASI mulai dari bayi umur 4 bulan, meskipun anjuran dokter diberi MPASI sejak bayi umur 6 bulan.. ;-)

  33. Chitra January 5, 2013 at 3:34 pm #

    Hi. saya melahirkan saat umur kandungan 35minggu. perempuan, BB 2.2kg. tinggi 45cm.. asi ekslusif hingga 1tahun. ketika umur 11bln, panas tinggi.. lalu berat badan turun dari 8.8 kilo menjadi 8.3kilo. sekarang 13bulan. dan susah makan serta berat badan yg kunjung tdk naik. akhirnya dokter anak menyarankan diberi susu formula, agar ada tambahan dha, kalsium dll itu. karena anak saya susah makan walau sudah bervariasi. kini sufor jg kurang begitu suka cuma di coba terus lewat makanan yg terus bervariasi dan minum susu sufor mix asi.
    13 bulan ini anak saya belum bisa jalan, dan masih sulit diajarin mengenal kata2 (misal bunda) alias susah diajarin.
    Pertanyaanku:
    1. Normalkah umur 13 bulan berat badan hanya 8.3kilo ?
    2. Normalkah umur 13 bulan belum bisa jalan (merambat sudah, tapi malas jalan)
    3. Normalkah umur 13 bulan mundur perkembangan otaknya? Seperti bicara atw jalan?

    Terima Kasih.
    Sangat ditunggu jawabannya karena bingung sangat

    • tips-bayi January 9, 2013 at 12:49 am #

      Chitra

      Bun..anaknya tidak rewel…? Pertahankan terus pemberian ASinya.. Susah makan ya..? Cobalah membuat suasana hatinya senang… misalnya sambil menyuapinya, Bunda mengajaknya jalan-jalan, melihat sungai, kebun, kereta api, atau apa saja yang berada di lingkungan sekitar rumah Bunda.

      1. BB bayi Anda termasuk NORMAL.. karena termasuk 85% BB normal untuk bayi Indonesia..
      2. Pada intinya Bunda jangan khawatir.. masih normal kok.. tidak terlambat.. Perkembangan kemampuan setiap bayi itu berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan…seperti halnya berbicara atau berjalan. Keturunan sangat berpengaruh..

      Belajar jalan dengan mendorong kursi plastik itu lebih baik dari pada belajar dengan menggunakan baby walker.. Cara yang tepat..

  34. novie December 16, 2012 at 6:09 am #

    bayi saya lahir di umur kehamilan 30 minggu, dengan berat badan 2,8 kg dan panjang 48, perawatan bayi saya waktu itu 4 hari di inkubrator, sejak lahir sampai umur 6 bulan tidak minum asi, karena setelah proses caesar sampai bayi 6 bulan tidak keluar asi,jadi elfrida menggunakan susu formula nutribaby royal. anak saya tengkurep uur 3 bulan dan saya amati tidak penah bisa diam kecuali tidur apakah itu normal. dan sekarang sudah mulai senang duduk dan diberdirikan, apakah tidak berbahaya bagi tulang elfrida, terimakasih

    • tips-bayi December 18, 2012 at 10:55 pm #

      novie,

      Elfrida aktif ya..? Tanda Elfrida sehat Bun.. Berat sekarang berapa ya..?

      Apabila Elfrida suda bisa duduk tegak dan ada keinginan untuk berdiri, berarti Elfrida sudah siap untuk diberdirikan. Dan Bunda jangan khawatir bila sudah demikian, berarti kondisi pinggang dan tulang kaki sudah kuat menopang seluruh badan.. Akan tetapi sebelum bisa duduk tegak sendiri, hendaknya Bunda tidak memaksakan Elfrida untuk duduk dengan beban badan tanpa ditopang atau kemiringan yang cukup.. ;-)

  35. diana December 15, 2012 at 3:07 pm #

    tips bayi mau tanya nich, anak ku lahir 32 minggu dengan bb 1,750 dl sempat di nicu 2 minggu dan sekarang umur nya 6 bln 2 minggu. tapi bb nya cm 5,4 normal atau di bawah normal ya buat anak prematur ?minum susu nya sich kenceng tp klo makan agak susah, klo banyak sedikit dalam artian lebih dari 5 sendok makan kecil dia selalu muntah, dan saya ngerasa bb nya susah bgt naik, dia punya letak jantung di kanan tp kondisi jantung nya ok, saat ini dia belum tengkurap tapi udah sedikit kuat untuk mengangkat kepala nya, saya takut klo perkembangan anak saya terlambat, mohon saran nya , trima kasih

    • tips-bayi December 18, 2012 at 3:49 pm #

      diana,

      BB termasuk cukup, bahkan termasuk 75% BB untuk bayi Indonesia yang lahir normal. Meskipun terlihat kecil..

      Bayi Anda lahir lebih cepat.. jadi perkembangan BB bayi Anda akan sedikit terlambat dibanding bayi yang lahir dengan cukup umur.
      Akan tetapi keterlambatan pertumbuhan BB insya Allah tidak akan berlangsung lama. Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok.

      Kondisi jantungnya bagus ya.., Insya Allah bayi Anda akan baik-baik saja.. ;-)

    • tips-bayi November 26, 2012 at 2:22 am #

      @ Hendi,

      Sebenarnya Anda sudah melakukan yang terbaik, yaitu memberikan ASI pada buah hati Anda. Bisa saja bayi Anda memang alergi sufor, atau bisa juga hanya karena tidak cocok saja dengan sufornya.

      Jika bayi Anda memang alergi susu sapi, jangan khawatir kasus alergi susu umumnya akan hilang saat anak berusia satu tahun ke atas atau sudah berusia 15 tahun. Menurut data, sebanyak 56 persen bayi yang sebelumnya menderita alergi susu, sudah menjadi toleran ketika berumur satu tahun. Sedangkan pada umur 15 tahun, 95 persen anak sudah tidak menderita alergi susu lagi..

      Untuk kebutuhan kalsiumnya tidak harus dari susu sapi, bisa dari asupan lain seperti ikan dan kacang-kacangan. Perlu diketahui juga, ASI adalah Susu terbaik untuk bayi Anda.. Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

      Dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

      Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

      ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

      Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

      Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

      Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

      Anda bisa baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

  36. arum November 17, 2012 at 6:49 pm #

    Putri saya lahir pada usia kehamilan 30 minggu. BB saat lahir 1kg, sedangkan lingkar kepala dan panjang badannya saat lahir saya tidak diberitahu karena bayi saya langsung dibawa ke NICU dan diinkubator selama 45hari. Saat pulang BB nya 1,4kg. Asi dan sufor khusus prematur sampai usia 3 bulan(umur kronologis). Karena beratnya baru tercapai 2,5 saat 3bln. Lalu setelah itu hanya sufor tanpa asi sampai sekarang. Makan MPASI (bubur susu) saat usia 6 bulan (umur kronologis)
    Sekarang anak saya ini sudah berumur 16 bulan (umur kronologis). BB nya 6,8kg. Imunisasinya sudah lengkap. Dapat tengkurap sendiri usia 7 bulan kronologis. Duduk dengan bantuan pada usia 9 bulan kronologis. Merangkak pada usia 12 bulan kronologis. Saat ini anak saya sudah bisa berjalan dengan tetah 2 tangan dan kadang berdiri 2 – 3 detik. Nafsu makan sangat baik sekali. Pada usia 11 bulan sempat sakit dan dirawat 1minggu di RS karena batuk muntah dan dehidrasi sedang. Saat itu juga sekaligus diperiksa paru – parunya dengan ronsen dada dan hasilnya cukup baik hanya terjadi sedikit radang, CT scan dan hasilnya baik, USG abdomen juga hasilnya baik.
    Saat di Inkubator telah diperiksa ROP nya dan hasilnya positif. Setelah diperiksa kembali pada usia 7 bulan dikatakan telah membaik dan perlu dipantau kembali 1th lagi. Gigi pertama anak saya muncul saat umur 15bulan. Saat ini anak saya mampu berkata mbah, ayah, aem (maem), ak (mbak), sa (nisa – nama anak tetangga yang sebaya dengannya) dan ka ( aska – nama anak tetangga juga). Anak saya pun sudah memahami beberapa perintah seperti kesini, jangan, salim tangan, tos, dadah, kiss bye.
    1. Bagaimana perkembangan putri saya, apakah normal? Selama ini saya memantau perkembangannya dengan umur kronologis dan umur koreksi? Syukurnya keluarga dan lingkungan pun mengerti perkembangan putri saya akan terlambat 2 bulan dari umur kronologisnya sehingga meraka tidak pernah membandingkan anak saya dengan anak normal
    2. Bagaimana dengan BB nya? Karena kebanyakan orang mengira anak saya masih tampak seperti umur 8 bulan karena badannya yang kecil. Padahal nafsu makannya sangat baik. Sehari makan 3x, camilan dan minum susu kira2 600ml sehari. BAB tiap hari. Kadang 1x atau 2x. Apakah ini karena faktor keturunan karena ayahnya juga agak kecil dan susah sekali gemuknya. Bahkan grafik BB nya masih dibawah BB anak normal bahkan BB koreksi dari BB nya saat lahir.
    Mohon infonya. Terimakasih

    • tips-bayi November 19, 2012 at 2:15 am #

      @ arum,

      Dari pemeriksaa medis sudah sangat jelas sekali bahwa putri Anda sehat..
      Masalah berat badan.. Anda jangan terlalu khawatir, memang benar juga BB dipengaruhi juga keturunan ;-)
      Melihat nafsu makannya yang baik, perkembangan fisik dan kemampuannya normal maka Anda jangan khawatir.. Putri Anda sehat dan baik-baik saja..

      Anak prematur memang tidak bisa disamakan dengan anak yang terlahir normal. Tapi dengan kesabaran Ayah Bunda, tidak sedikit bayi prematur yang tumbuh sehat dan cerdas, bahkan mengalahkan anak yang tidak prematur. Kalau Anda memang khawatir, periksakan saja ke dokter spesialis anak (DSA), agar dapat didiagnosa dengan baik…

      Semoga si kecil sehat terus ya .. ;-)

      • yuyi handayani January 21, 2014 at 2:39 am #

        Dok.. mau tanya ank qu lahir prematur 7bln dngn bb nya 1,7kg nd panjang 44cm..
        Anak qu di rawat masuk inqubator slama 3 minggu… skrng ank qu umur 9 bln dng bb nya 7,5.. cos abis dirawat krn bab jd nya bb nya turun 7,5… tp ank qu blom bisa berangkak smpai skrng.. tp ank saia lincah nd gesit nd bawel bagt… apa ank qu termasuk dngn perkembangan yg normal apa tidak dok…

        • tips-bayi February 5, 2014 at 1:57 am #

          yuyi handayani,

          BB bayi Bunda masih termasuk cukup bagus, karena termasuk 85% BB ideal untuk bayi indonesia. Berikanlah terus ASI dan buatlah pola makan yang teratur dan seimbang. Perhatikan juga pola tidur.

          Ingat Bun.. bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi yang lahir normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok. Perkembangannya masih NORMAL Bun.. :)

  37. Hendy November 6, 2012 at 5:31 am #

    Anakku lahir 2,2kg sekarang udah 12bulan bb/Tb cuma 6,3 kg/65cm, apa bb/Tb tergolong kurang? memang anak saya dari lahir gak suka susu formula tapi dia minum asi n udah makan nasi tapi sangat susah makannya. Tapi Alhamdulillah perkembangan motoriknya bagus.

    • tipsbayi November 8, 2012 at 4:05 am #

      @Hendy,

      Untuk berat badannya, memang di bawah 70% BB normal untuk anak seusianya, yaitu 6,9 kg. Namun tinggi badannya termasuk normal. Coba berbagai cara untuk meningkatkan nafsu makannya Yah, dengan merubah menu, membuat suasana yang menyenangkan, jangan menyalahkan atau menyubit ketika dia susah makan, dsb… Kalau memang Anda khawatir, bisa dibawa ke ahli gizi…

  38. olvin October 31, 2012 at 8:12 am #

    tipsbayi,mau tanya..putri saya yang ke 2 lahir prematur karena saya rembes ketuban sejak usia kehamilan kl 25 minggu,bayi saya lahir di usia kehamilan 34-35 minggu dengan berat badan 2160 gram di nicu sempat 2 hari untuk memonitor pernafasannya yg belum stabil,lain2 ok menurut dokter,sekarang usia putri saya 10 bulan,yang saya mau tanyakan wajar/tidak apabila putri saya masih berdiri dengan jinjit apabila saya berdirikan atau saya coba masukkan di baby walker,perlu diketahui putri saya bisa tengkurap di usia 6 bulan,dan sekarang belum bisa merangkak,masih ngesot dengan perutnya,berat badan terakhir 9kg pada bulan lalu (pada usia 9 bulan),saya nantikan jawabannya..terima kasih

    • tipsbayi November 1, 2012 at 2:10 am #

      @olvin,

      Memang itu biasa dijumpai pada bayi prematur Bun… Yang penting, usahakan untuk selalu berkonsultasi dengan DSA anak Anda secara rutin, agar perkembangannya terpantau.

      • olvin November 1, 2012 at 5:40 am #

        tapi apa memang anak suka jinjit-jinjit gitu ya kalo baru belajar berdiri/melangkah..?saya lupa dulu kakaknya waktu baru belajar melangkah seperti itu juga atau tidak..terima kasih ya..

        • tipsbayi November 5, 2012 at 11:04 pm #

          @olvin,

          Hehe.. sebagian anak ada yang seperti itu memang Bun… :)

  39. LALITA October 20, 2012 at 5:18 am #

    hay bunda saya punya by prem berat 2,1 kg tinggi 43.skr usia 2 bln bb 4,3 tinggi 53 cm.anak saya termasuk aktif senang banget gerak2 krencal2 gitu.udah screning pendengaran ga mslah.klo mata belom.usianya menginjak 3 bl.kadang merhatikan klo diajak belajar tp kdang suka maen sendiri.tp sampe skr senyum sosialnttya lom muncul.apa itu normal?

    • tipsbayi October 23, 2012 at 2:05 am #

      @LALITA,

      Sepertinya si kecil sehat kok Bun! Sabar dan telaten ya dalam mengurusnya… :)

      • LALITA October 23, 2012 at 8:10 am #

        amien smoga si kecil slalu dilindungi Alloh Swt…trimakasih tipsnya moga si kecil cerdas dan pintar.

  40. Dina October 19, 2012 at 9:12 am #

    Bayi sy lahir prematur 34minggu berat 1950., 10 hari di nicu lalu pulang dgn berat 1960.. Skrg usia 40 hari berat 3340.. Asi exclusive.. Sdh cek rop, hasil bagus tp disuruh evaluasi lg (screening) kenapa ya? Bola mata jg brrwarna abu2 gelap.. Kl tidur mata stgh terbuka dan kdg juling, tp kl pas bangun tidak.. Apakah perkembangan bayi prematur dihitung bulan lahir atau hpl? Oya knp bayi sy sering ngeden2 sampe mukanya merah semua.. Thx banget..

    • tipsbayi October 23, 2012 at 1:52 am #

      @Dina,

      Untuk menghitung usia bayi yang terlahir prematur, sebaiknya Anda mengacu kepada keduanya; bulan lahir dan HPL. Sehingga dikenal 2 macam usia bagi bayi prematur:

      - Usia kronologis: dihitung sejak ia lahir
      - Usia penyesuaian: dihitung berdasarkan usia yang seharusnya (hari perkiraan lahir/HPL)

      Untuk usia penyesuaian, misalnya si kecil lahir 1,5 bulan lebih cepat dari perkiraan, maka ketika ia berusia 4 bulan setelah kelahiran, usia penyesuaiannya menjadi 4-1,5 = 2,5 bulan. Ini disebut juga usia koreksi.

      Jika memang DSA Anda menyarankan untuk screening, maka coba saja ikuti Bun, sambil Anda konsultasikan masalah-masalah di atas dengan DSA…

  41. ema October 17, 2012 at 8:36 am #

    alo tips bayi,q pnya bayi prematur 32mgg skrg dah 3 bln.yg mw q tanyain kpn bayi prematur bs mulai tersenyum sosial?n knapa reflek genggamnya lemah skali y?stimulasi apa yg sesuai dgn usianya?

    • tipsbayi October 18, 2012 at 12:53 am #

      @ema,

      Yang perlu dipantau pada bayi prematur, yaitu berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala.

      Rata-rata penambahan berat badan yang diharapkan:

      20 g/hari dari usia koreksi 0-3 bulan
      15 g/hari dari usia koreksi 3-6 bulan
      10 g/hari dari usia koreksi 6-9 bulan
      6 g/hari dari usia koreksi 9-12 bulan

      Tinggi badan 1 cm/bulan
      L ingkar kepala 0,5 cm/minggu

      Stimulasi untuk bayi 0-3 bulan dapat dilakukan dengan cara:

      Menimbulkan rasa nyaman, aman dan menyenangkan, seperti… memeluk, menggendong, menatap mata bayi, mengajak tersenyum, berbicara, membunyikan berbagai suara, menggantung dan menggerakkan benda berwarna mencolok, memfungsikan benda-benda berbunyi, menggulingkan si kecil ke kanan dan ke kiri, tengkurap-telentang, merangsangnya untuk meraih dan memegang mainan.

      Stimulasi untuk bayi 3-6 bulandapat dilakukan dengan cara:

      Bermain ‘cilukba’, ber-cermin dan berekspresi kepadanya di hadapan cermin, merangsang untuk tengkurap, telentang bolak-balik, serta duduk.

    • ismi October 22, 2012 at 2:43 am #

      saya melahirkan bayi prmatur di usia 33 minggu secara cesar BB 1,8Kg.skg udah 9 bulan berat 7,2 Kg,udah bisa pegang mainan dan selalu dimasukkan ke mulut, baru bisa miring2 dan tengkurap tapi belum bisa balik sendiri,tapi dia tengkurapnya kalau malam hari pas bubuk malem gitu..kalau pagi/siang pas gk bobok sy lum pernah liat dia tengkurap,trus punggungnya jg belum kuat n belum bisa benar2 tegak, kalau didudukin masih goyang kanan kiri,..gmn nih dok?

      • tipsbayi October 23, 2012 at 2:17 am #

        @ismi,

        Pertama-tama, TipsBayi bukanlah tim dokter, hanya pemerhati bayi – jadi kami hanya bisa memberikan info tambahan dan tidak bisa sama sekali menggantikan diagnosa dokter secara langsung. Jika Anda khawatir dengan kondisi si kecil, sangatlah bijaksana jika Anda periksakan dan konsultasikan dengan DSA… Mudah-mudahan si kecil tumbuh sehat dan cerdas ya Bun…

        • tri agustina January 24, 2014 at 3:42 pm #

          Maaf ya bun numpang tanya,adik saya baru melahirkan prematur usia kandunggannya 32 minggu.yg saya mau tanya kan,kenapa ya kalo waktu bernapas sering cepat banget ga seperti bayi yg lain dan sering kejang2 tadi habis tambah darah jadi lemas banget badannya.yg saya mau tanyakan kenapa bisa kaya gitu n apa bisa bertahan hidup?makasih atas jawabannya

          • tips-bayi February 5, 2014 at 3:48 am #

            tri agustina,

            Wajar Bun.. baru lahir dan prematur, karena perkembangan organ bayi prematur belum sempurna.

            Perlu diketahui juga, jantung bayi yang baru lahir akan berdetak sekitar 180 kali denyutan dalam 1 menit, dan ini normal. Dalam beberapa jam berikutnya, ia akan berdenyut 140 kali per menit.
            Insya Alloh bisa bertahan Bun.. Do’a :)

  42. nurul huda October 15, 2012 at 6:46 am #

    anak saya lahir prematur skarang usia nya sdh 9 bln tetapi beratnya cmn 6,3 kg.. knp y dok. setiap saya bertanya sma bidan dimnan tmpat saya slalu konsultasi untuk berobat bidan nya bilang tidak apa2. gmn cara meningkatkan berat badan anak sya biar sma dngn anak yg lahir normal

    • nurul huda October 15, 2012 at 6:51 am #

      gmn nih dok slain itu jg anak saya sdh usia 9 bln blm bsa duduk dngan tegak dan gigi nya blm tumbuh. tetapi klo tengkurap, merangkak, dan menegakkan kepala sdh bisa apakah bayi saya masih normal? atau ada keterlambatan

      • tipsbayi October 16, 2012 at 1:55 am #

        @nurul huda,

        Sudah terjawab ya di komentar sebelumnya :)

    • tipsbayi October 16, 2012 at 1:42 am #

      @nurul huda,

      Anak prematur memang tidak bisa disamakan dengan anak yang terlahir normal. Tapi dengan kesabaran Ayah Bunda, tidak sedikit bayi prematur yang tumbuh sehat dan cerdas, bahkan mengalahkan anak yang tidak prematur. Kalau Anda memang khawatir, periksakan saja ke dokter spesialis anak (DSA), agar dapat didiagnosa dengan baik…

      Semoga si kecil sehat ya :)

  43. beng October 11, 2012 at 6:32 am #

    asswrwb
    saya datang lagi tips bayi, alhamdulillah bayi saya sekarang dah 6 bulan, dah bisa tengkurep, balik,ngoceh,ketawa ngakak…bbx 6,5 kg, wktu usia 2 bln kena pneumonia dan bulan kemaren kena diare kata dsa penyebabnya virus..memang bayi prematur rentan virus…alhamdulillah memang harus berpikir positif. wlpn khawatir terlambat perkembangannya, saya coba terapi renang dan pijit..alhamdulillah setelang renang di usia 3 bulan kepalax mulai tegak..wlpn masih panjang pjlnn untuk bayi saya. belum boleh ketemu orang banyak krn rentan terkena virus apalagi waktu lahir kena sepsis..ada masukan gak tips bayi untuk memperkuat kekebalan bayi saya?makanan atau apa? alhamdulillah saya masih beri asi, sekarang mulai belajar makan. amankah madu dan propolis untuk bayi? makasih ya tips bayi…tetap semangat

    • tipsbayi October 16, 2012 at 1:08 am #

      @beng,

      Alhamdulillah, senang mendengar perkembangan si kecil ya :)

      Untuk madu dan propolis, sebagian besar dokter menganjurkan setelah usia 1 tahun Yah. Untuk pemberian MPASI, sebaiknya tanyakan ke dokter Anda, agar disesuaikan dengan kondisinya. Terkadang ada juga bayi prematur yang baru diberi MPASI setelah usianya 8 bulan, dsb.

  44. santi September 25, 2012 at 3:18 am #

    Mana nih penjelasan untuk anak saya??……

    • tips-bayi October 2, 2012 at 11:25 pm #

      @ santi,

      Bayi Anda lahir lebih cepat.. jadi perkembangan BB bayi Anda akan sedikit terlambat dibanding bayi yang lahir dengan cukup umur.
      Akan tetapi keterlambatan pertumbuhan BB insya Allah tidak akan berlangsung lama. Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok.

      Karena bayi Anda mempunyai penyakit jantung bawaan, maka kami sarankan untuk senantiasa konsultasi secara terjadwal dengan dokter yang menangani. Begitu juga dengan jadwal imunisasinya ikutlah petunjuk dokter.

      Insya Allah bayi Anda akan baik-baik saja..

      • atya October 10, 2012 at 3:50 am #

        dear tips bayi… anak saya terlahir prematur 33 minggu dg oprasi cesar BB 1,7 Kg di inkubator 2 minggu, usia 8 bulan (BB 7 Kg) baru bisa miring-miring,tengkurap masih perlu bantuan, sekarang udah 9 bulan (belum nimbang lagi)belum bisa tengkurap sendiri n belum bisa balik sendiri,tapi udah sering ngoceh,serig ketawa n ceria, kpala belum 100% tegak (belum benar-benar tegak), sudah bisa pegang mainan tapi kurang kuat n masih suka menggenggam,kalo dipanggil dengar n kliatan terpana tapi kok nggk nengok,dideketin baru nengok n ketawa,paling senang diberdiriin,tapi kok kalo berdiri kakinya jinjit y?n suka nglurusin kaki.tremor kakinya juga masih ada. udah 2 bulan ini seminggu sekali saya bawa ke terapi bayi. apakah bayi saya bai@ saja?soalnya terapisnya bilang anak saya masuk delay development,.bedanya sama cerebal palsy apa?apakah anak saya normal atau gimana?mohon banget penjelasannya

        • tipsbayi October 10, 2012 at 5:54 am #

          @atya,

          Gejala cerebral palsy sudah bisa diketahui saat bayi berusia 3-6 bulan, yakni saat bayi mengalami keterlambatan perkembangan.

          Ciri umum dari anak dengan cerebral palsy adalah, dia antaranya adalah perkembangan motorik yang terlambat, adanya refleks yang seharusnya menghilang tapi masih ada seperti:
          Refleks menggenggam hilang saat bayi berusia sekitar 3 bulan
          Bayi yang berjalan jinjit atau merangkak dengan satu kaki diseret.

          Oya, beberapa orangtua yang memiliki anak penderita cerebral palsy menyatakan berhasil mengoptimalkan kemampuan anaknya dengan menggunakan metode Glenn Doman. Silahkan Anda cari tahu lebih banyak tentang metode ini.

  45. ayumi September 24, 2012 at 12:32 pm #

    dear tips bayi,
    bayi saya lahir tgl 21 agustus 2012, 34 minggu, dengan berat 2kg panjang 42..
    sekarang 5minggu, beratnya 2.5kg panjang 48, apakah tergolong normal? trimakasih sebelumnya..

    • ayumi September 25, 2012 at 1:26 am #

      maksud saya 32-33 minggu…

      • tips-bayi October 2, 2012 at 5:34 am #

        Nasya,

        Belum bisa merangkak.. Anda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi itu berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan… Dan bahkan terkadang ada juga yang tidak melalui tahapan yang biasa. Misalnya tidak merangkak tapi langsung berdiri dan berjalan. Ada juga yang ngesot tidak merangkak.. Jadi setiap bayi akan berbeda.. terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. Keturunan sangat berpengaruh..

        Berikut penyebab bayi muntah selain karena batuk berdahak:

        - Tanda Alergi
        Pada umumnya gejala dan tanda yang ditimbulkan akibat alergi susu sapi dibagi atas Reaksi cepat yaitu dalam 45 menit setelah paparan, berupa: erupsi pada kulit, bersin-bersin, batuk, hidung berair, ngorok. Reaksi lambat (terjadi dalam 20 jam) setelah paparan berupa diare, pucat, muntah. Reaksi sangat lambat (setelah 20 jam) berupa diare, gejala gangguan pernafasan..
        Benar bu.. bisa juga turunan, jika ada riwayat alergi pada Anda atau suami Anda.. Akan tetapi jangan khawatir kasus alergi susu umumnya akan hilang saat anak berusia satu tahun ke atas atau sudah berusia 15 tahun. Menurut data, sebanyak 56 persen bayi yang sebelumnya menderita alergi susu, sudah menjadi toleran ketika berumur satu tahun. Sedangkan pada umur 15 tahun, 95 persen anak sudah tidak menderita alergi susu lagi..

        Saran kami untuk mengantisipasi alergi, untuk sementara hidari saja dulu perkiraan pencetus alerginya, berikan ASI saja terus..

        - Pemakainan gurita.
        Kalau bayi Anda masi memakainya, coba lepas saja.

        - Posisi menyusui atau makan
        Sering ibu menyusui sambil tiduran dengan posisi miring sementara si bayi tidur telentang. Akibatnya, cairan tersebut tidak masuk ke saluran pencernaan, tapi ke saluran nafas. Bayi pun muntah. Karena itu, kalau menyusui, posisi bayi dimiringkan. Begitu juga ketika memberi makan kepalanya harus lebih tinggi dari kaki sehingga membentuk sudut 45 derajat. Jadi cairan atau makanan yang masuk bisa turun langsung ke bawah..

        - Tersedak

        - Lambung yang penuh juga bisa bikin bayi gumoh. Ini terjadi karena makanan yang terdahulu belum sampai ke usus, sudah diisi makanan lagi. Akibatnya si bayi muntah. Lambung bayi punya kapasitasnya sendiri. Misalnya bayi umur sebulan, ada yang sehari bisa minum 100 cc, tapi ada juga yang 120 cc. Nah, si ibu harus tahu kapasitas bayinya. Jangan karena bayi tetangganya minum 150 cc lantas si ibu memaksakan bayinya juga harus minum 150 cc, padahal kapasitasnya cuma 120. Jelas si bayi muntah…

        Ada baiknya juga Anda kunjungi link berikut:

        http://www.tipsbayi.com/kolik_bayi.html

        Anda jangan khawatir..Sebenarnya banyak berkeringat merupakan pertanda baik karena berarti kelenjar keringat berfungsi sempurna. Pengeluaran keringat merupakan proses sekresi atau pembuangan sisa-sisa garam dan juga racun dari dalam tubuh..

        Seberapa banyak pun keringat bayi yang keluar sebenarnya normal saja sepanjang bayi tidak terganggu oleh keringatnya. Masih dikatakan wajar bila bayi tidak rewel, selera makan atau menyusunya tetap oke, porsi tidurnya cukup, Aktif, dan pertumbuhannya tidak terganggu…

        Keringat perlu diwaspadai sebagai pertanda gangguan kesehatan jika dibarengi dengan keluhan lain semisal mendadak rewel, tak mau makan/minum/menyusu, susah tidur, lemah, dan sebagainya.

    • tips-bayi October 2, 2012 at 4:18 am #

      ayumi,

      Termasuk NORMAL.. bayi Anda termasuk tinggi. Meskipun terlihat kecil tapi masih termasuk 70% berat normal bayi Indonesia..

  46. santi September 20, 2012 at 1:58 am #

    dear tips bayi….
    Anak saya lahir 26 mg dg BB 1,4 kg. Skrg usianya udah 6 bln dan BBx cma 4 kg, normal atau kurangkh BBnya? karena anak saya di diagnosa mempunyai penyakit kelainan jantung bawaan. Dan bagaimana perkembangan bayi prematur yang mempunyai penyakit tsb dan bisakh di imunisasi?

    • tips-bayi September 27, 2012 at 4:34 am #

      @ santi,

      Bayi Anda lahir lebih cepat.. jadi perkembangan BB bayi Anda akan sedikit terlambat dibanding bayi yang lahir dengan cukup umur.
      Akan tetapi keterlambatan pertumbuhan BB insya Allah tidak akan berlangsung lama. Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok.

      Karena bayi Anda mempunyai penyakit jantung bawaan, maka kami sarankan untuk senantiasa konsultasi secara terjadwal dengan dokter yang menangani. Begitu juga dengan jadwal imunisasinya ikutlah petunjuk dokter.

      Insya Allah bayi Anda akan baik-baik saja.. ;-)

  47. Anonymous September 8, 2012 at 12:56 pm #

    Mau tanya bayi q wktu lahir 2,4 sekarang usia 2bln naik 4,5 ap termasuk normal berat ideal atau kurang?

    • tips-bayi September 24, 2012 at 9:07 am #

      @ Finaoktaviana,

      BB bayi Anda termasuk NORMAL.. karena termasuk 90% BB normal untuk bayi Indonesia.. Padahal lahirnya 2,4 ya.. :-)

  48. Dessy September 2, 2012 at 4:05 am #

    Assalamu’alaikum tips bayi…

    Mana nih penjelasannya, anak saya masih sering lupa nafas nih……

    • tips-bayi September 13, 2012 at 2:43 am #

      @ Dessy,

      Wa’alaikumussalam..

      Oh belum ya..? Perasaan sudah kami jawab bu.. :-)
      Memang benar, pada bayi yang lahir di bawah 34 minggu belum memiliki pola nafas teratur sehingga terkadang “lupa” bernafas karena paru-parunya belum sempurna.

      Untuk itu, orangtua dengan bayi prematur hendaknya selalu mengamati perkembangan anaknya dan sering berkonsultasi dengan DSA.

      Perhatian dan kasih sayang orangtua mutlak diperlukan agar bayi prematur dapat berkembang secara optimal. Sentuhan dan belaian bahkan terbukti secara bermakna dapat membantu mereka tumbuh normal seperti bayi lainnya. Semakin dini dilakukan stimulasi (rangsangan), maka hasil yang diperoleh juga lebih bagus. Pijat bayi bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa diterapkan oleh orangtua pada bayinya. Satu hal yang perlu diingat, hendaknya orangtua senantiasa bersyukur dengan kehadiran buah hatinya dan tidak berkecil hati meski bayi mereka terlahir prematur.. ;-)

      Silahkan kunjungi:

      http://www.tipsbayi.com/pijat-bayi.html

  49. rini August 30, 2012 at 4:45 am #

    Dear tips-bayi,

    Anak saya lahir tgl.14 Juni 2012 dengan usia kandungan saya 32 minggu, saat dilahirkan BB anak saya 1,420 kg dengan panjang 37 cm, sekarang usia nya 2bln 2 minggu memiliki berat badan ± 4 kg panjang 47 cm.
    yang saya tanyakan :
    1. Apakah panjang badan anak saya untuk saat ini sudah termasuk normal
    2. kelopak mata anak saya sampai saat ini masih kubil (seperti bengkak), apakah bisa hilang kubilnya.
    3. Berapakah ukuran lingkar kepala normal untuk anak saya tersebut.

    thx sebelum & sesudahnya

    • tips-bayi August 31, 2012 at 5:15 am #

      @ rini,

      1. Bayi Anda tinggi badannya termasuk 80% normal untuk bayi Indonesia..
      2. Insya ALLAH kubilnya akan hilang..
      3. Anaknya laki-laki apa perempuan ya…?
      Untuk ukuran lingkar kepala anak laki-laki 36 – 41cm, sedangkan ukuran lingkar kepala anak perempuan 36 – 41,5cm.

  50. ass tips bayi anak saya lahir prematur waktu lahir BB 2,1kg lalu dri bidan dsuruh msuk inkubator dRS slama 10hari tp ko slama dRS BB mlah menurun jd 1,7 sminggu drmah BB naik jd 1,8 wktu plang dri RS sya coba susu prematur tp ko ga BAB ,apakah ga cocok ya August 28, 2012 at 11:15 am #

    Budi.nugraha25@yahoo.co.id

    • tips-bayi September 5, 2012 at 2:58 am #

      @ Budi Nugraha,

      Wa’alaikumussalam,

      Pola BAB bayi belum tetap. Bisa sering atau jarang.. Seiring dengan bertambah usianya maka pola BAB bayi Anda akan terbentuk hingga jadwalnya akan terlihat..

      Jika bayi Anda tidak rewel atau tidak demam, Anda jangan khawatir.. bayi Anda NORMAL..

      Coba mulai berikan ASI.. ;-)
      Dan.. Pertahankan pemberian ASI sampai usia 2 atau 2,5 tahun.. Perlu diingat.. Kandungan gizi ASI dengan sufor sangat jauh.. Meskipun susu formula terlihat bisa mengganti ASI, akan tetapi Susu terbaik untuk bayi Adalah ASI.. Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI..

      Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

      ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

      Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

      Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

      Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

      Anda bisa baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

  51. Dessy August 28, 2012 at 10:54 am #

    Tgl 17 agustus kemarin anak ke 3 sy lahir dg sc krn sy mengalami preeklam, usia kandungan mnrt dokter antara 31-32 mgg dan bb anak sy pd wkt lahir 1,16 kg.skg ini msh di rawat di ruang nicu tapi alhamdulillah sy bisa memberinya asi walaupun setiap memompa hy menghasilkan antara 15-30 ml.kondisi anak saya msh naik turun dan sering lupa nafas kata dokternya dengan frekuensi sehari bisa 10kali. Tipsbayi,apakah kondisi lupa nafas pada bayi saya merupakan hal yang wajar dan sering dialami oleh bayi yg lahir prematur? Skdr info dr hsl pemeriksaan jantung,paru2 dan rekam otak mnrt dokternya baik. Terima kasih tipsbayi atas penjelasannya.

    • tips-bayi September 5, 2012 at 2:37 am #

      @ Dessy,

      Ya benar.. Pada bayi yang lahir di bawah 34 minggu belum memiliki pola nafas teratur sehingga terkadang “lupa” bernafas karena paru-parunya belum sempurna. Itu hal yang wajar yang dialami oleh bayi lahir prematur. Apalagi menurut pemeriksaan kondisi Jantung dan paru-paru baik.. Anda tidak perlu terlalu khawatir.. :-)

  52. Rini August 15, 2012 at 4:09 am #

    Assalamu’alaykum. Anak saya Ibrahim lair 37minggu dg BB 1,9kg n PB 44cm secara normal. di inkubator kurang lbh 1 minggu. pd saat dibw pulang, BB ny trun jd 1,8kg. tp kata dokter kondisi bayi baik. 1 minggu kmudian pas kontrol BB naik jd 2kg. tp pas umur 1 bulan, ibrahim terkena diare hingga BB nya turun jd 1,7kg. akhirnya saya stop sufornya n full asi. skrg ibrahim dah umur 7,5 bln. tp BB ny kok msh 5,1kg dg PB kurleb 65cm. apkh it normal? memang stlh terkena diare porsi minumny berkurang n sdikit banget. alhamdulillah,ibrahim anakny aktif,dah bisa tertawa ngakak,berceloteh,menatap dan tersenyum bl d ajak ngomong,bs pegang mainan, kakinya aktif nendang2, ngangkat pantat n badanny dg kaki, bs tengkurep walo kpalanya blm bs diangkat dg maksimal. apkh msh normal bl pd umur sgitu ibrahim kepalanya blm bs tegak? sering saya stimulasi dg tengkurepin ibrahim trus d ksh mainan,tp tak lama kmudian nangis berontak berusaha utk telentang. terima kasih sebelumnya. wassalam.

    • tips-bayi August 25, 2012 at 3:48 am #

      @ Rini,

      Wa’alaikumussalam,

      Perkembangan dan kemampuan Ibrahim masih NORMAL.. kepala belum bisa tegak..? Wajar.. jangan khawatir..
      Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok.
      Anda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. ;-)

  53. amelia August 15, 2012 at 2:38 am #

    dear tips bayi….
    bayi saya terlahir prematur pd usia kandungan 32 mnggu…dg bb 1,5.bayi saya berada di inkubator slma 16 hari,tp slma di rs Dr bilang kondisi bayi saya bagus dan boleh dibawa pulang wlpn beratx blm mencapai 2000 gr,skrng sudah bayi saya usia 2 bln 3hari,beratx udah 3,1kg….masalhx bayi saya dikasih susu formula krn asi saya tdk keluar..trs saya jg menggunakan susu formula bkn khusus bayi prematur krn menggunakan susu yg khusus bwt bayi prematur bbx tidak mau naik,malah cenderung turun,gmn apakah itu akan bermasalah nantix??apakah harus diganti lg dg susu khusus bayi prematur???

    • tips-bayi August 25, 2012 at 3:16 am #

      @ amelia ,

      Jika bayi Anda sudah terlihat cocok dengan sufornya dan memperlihatkan perkembangan yang baik, maka Anda tidak harus menggantinya.. Kecuali Anda akan menggantinya dengan ASI.. ;-)

      Maka, sebenarnya selama menunggu bayi prematur siap mengisap ASI, disarankan agar ibu tetap memeras ASI dan menyimpannya, karena sewaktu waktu, dapat dicobakan kepada bayi melalui sendok atau sonde. Ibu tidak perlu khawatir tidak dapat memberikan ASI eksklusif kepada si kecil.

      Agar ASI tersedia, ibu harus diajarkan cara memompa atau memerah ASI secara teratur dan yang paling penting adalah ibu tidak boleh stress, cukup istirahat dan makan. Ibu yang stress oleh karena bayi dipisahkan dari ibunya /dirawat di RS, dapat menghambat produksi ASI.
      Yang perlu diingat, usahakan untuk selalu memeluk dan melakukan kontak kulit sesering mungkin dengan bayi. Selain untuk menumbuhkan kedekatan Anda dan bayi, cara ini dapat merangsang produksi ASI.

      Bayi prematur perlu diberi susu lebih sering dibanding bayi cukup bulan karena mereka membakar kalori lebih cepat. Makin mungil tubuhnya, makin sering nutrisi perlu diberikan. Telah dibuktikan bahwa bayi prematur lebih cepat belajar menyusu pada ibunya dibanding minum dari botol.

      Nutrisi bagi bayi prematur

      Mulailah dengan 60 – 80 ml/kg berat badan/hari
      Tingkatkan 15ml/kgberat badan/hari
      Berikan maksimal 180-200ml/kg berat badan/hari
      Pemberian setiap 2 jam sekali

      Meningkatkan produksi ASI

      Pompa ASI sedini mungkin setelah melahirkan
      Jika mungkin pinjam alat pompa elektrik pada perawat
      Pompa ASI setiap 3 jam
      Beri label pada setiap botol yang berisi ASI
      Usahakan untuk memompa ASI di dekat bayi
      Lakukan perawatan metode kangguru (PMK)
      Tekan dan pijat payudara selama memompa

  54. jessica tanoewidjaja July 27, 2012 at 7:15 am #

    anak saya lahir wkt usia kandungan 27mg dg bb 1,4kg.masuk inkubator 1 bln tapi g naik2 bbnya shg saya paksa pulang dg harapan dg sentuhan kasih syg seorang ibu akan cpt normal bbnya.puji Tuhan usia 5bln bb bs 5,6kg.tp syg pertumbuhannya lmbt.dia baru bisa melihat bayangan umur 4,5 bln.umur 5 bln baru dia bisa kita ajak ketawa2.tp itu jg dia lbh sering bermain asyik liat yg lbh terang.skr smp dg usia 6 bln,lehernya blm kuat jg.blm bisa tengkurap.apalagi belajar merangkak sprt ank usianya.padahal anaknya ckp aktif,tidak bs diam,dan suka “berkicau”.kalau siapa sj masuk rmh mesti bercerita dg dia dulu.ajak dia bermain dulu.kalo g,dia bakal menangis tnp ampun.dia seakan2 mengerti yg qt omg dg jawab pake kosa kata pendek.ho,ma,ngao,ae,ngeng.yg sederhana tp kwn2nya blm bs.apa yg mst saya lakukan y agar badannya “kuat” dan perkembangan motoriknya bs sprt anak2 usianya?

    • tips-bayi August 25, 2012 at 1:55 am #

      @ jessica tanoewidjaja,

      Wah lucu ya.. ;-)

      Perkembangan bayi Anda sudah cukup bagus.. Memang begitulah bayi, seakan-akan mengerti apa yang kita ucapkan.. Maka, jika mengajaknya berbicara.. bicaralah dengan lafal yang benar agar bayi Anda terbiasa.

      Anda jangan khawatir dengan perkembangan motoriknya, lambat laun akan sama dengan anak-anak seusianya yang terlahir dengan BB normal. Bayi lahir prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok. ;-)

  55. jasmani July 22, 2012 at 7:01 am #

    bagaiman jika anak lahir waktu 7 bulan dg berat 2,2 ? apa bisa dibilang bayi prematur ?

    • tips-bayi August 14, 2012 at 6:18 am #

      @ jasmani,

      Apakah ketika lahir ada penanganan khusus dari dokter..? Seperti masuk inkubator..? Memang secara usia termasuk prematur karena kurang dari 34 minggu, akan tetapi BB termasuk aman. Maka tetap sebaiknya harus konsultasikan dengan bidan atau dokter mengenai penanganannya..

  56. ulfa July 20, 2012 at 4:38 pm #

    Tips bayi minta sarannya ya…
    Anakku terlahir prematur dengan berat 1.280 grm. Namun terlahir dalam kondisi sehat. Bahkan setelah lahir kata dokter tdk memerlukan antibiotik. Seperti ank prematur pd umumnya. Hasil rongent dan lab bagus, namun setelah 2 hari kemudian du coba belajar di kasih minum. Tp katanya kembung dan di puasakan kembali. Dan keesokan harinya di cob di beri ASI namun muntah dan keesokan hari nya lg dia nangis dan mulai saat itu nafasnya tidak stabil. Dan di lakukn pemeriksaan ulang. Hasil rongent paru2 dan jantungnya bagus. Tapu bermasalah di hasil lab mengnai metaboliknya dan dokter mengatakan ank saya mengarah ke syndrum.. apakah ada solusinya tips bayi?

    • tips-bayi August 13, 2012 at 4:36 am #

      @ ulfa,

      Hmm.. kami sarankan, ikuti petunjuk dokter bayi Anda.. Semoga kondisi bayi Anda cepat membaik..

  57. nandea June 26, 2012 at 1:39 pm #

    halo tips bayi… mm… anak sya terlahir prematur 32 mggu n bby 2 kg dan srg sda mulai masuk umur 10 bulan ,,, n anaky aktif bgd ga bsa diem tpi ko berat bdany kecil ya 7,5 ap itu normal minum susu dan makanya pun banyak???
    dan ap si bday perkmbangan anak yg terlahir normal dan prematur????
    dan gmna cra menstimulasiya yg suda masuk umur 10 bulan????
    sya takut klo anak sya perkembangany tertinggal dg seumury????
    tlg tipsy sgra ya tips bayi thx… :)

    • tips-bayi July 6, 2012 at 3:49 am #

      @ nandea,

      BB bayi Anda segitu memang seperti terlihat kecil.. Tapi BB bayi Anda masih tergolong NORMAL, karena masih 80% BB normal untuk bayi Indonesia. Apalagi minum susu dan nafsu makannya bagus..

      Berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat… Kurus atau gemuk bisa saja turunan lho.. ;-)

      Alhamdulillah.. bayi Anda tumbuh sehat.. Benar.. Anda jangan terlalu khawatir.. Insya Allah.. Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal..

      Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok.. Bahkan perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan..

      Stimulasilah sesuai dengan tahapan kemampuan bayi Anda..

  58. boy marta May 2, 2012 at 1:36 am #

    Pagi dok…

    Langsung saja saya ingin bertanya…

    3hari yang lalu istri saya melahirkan bayi kembar perempuan dengan 1 ari-ari…
    Atau lebih dikenal dengan kembar identik…
    Dan itu adalah kelahiran pertama baginya..

    Berat anak pertama kami : 1950gr
    berat anak kedua kami : 2000gr
    dan menurut perawat dan dokter..
    Bayi kami harus menggunakan inkuburator…

    yang saya tanyakan..
    1. Berapa berat standar kenaikan bayi dari pasca melahirkan..???
    2. Apakah anak kami bisa di bawa pulang jika berat badannya sudah mencapai 2kg???
    3. Bagaimana jika di bawa pulang..
    Kendala apakah jika tidak menggunakan inkuburator???
    4. Bagusan mana jika berjemur di pagi hari..
    Dengan panasnya inkuburator…???

    Sekian terimakasih…
    Salam sejahterah…

    • tips-bayi May 16, 2012 at 2:44 am #

      @ boy marta,

      Pagi,

      1. Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Jangka waktu kebutuhan bayi Anda berada di ruang NICU tidak bisa disamaratakan dengan bayi prematur seluruhnya. Hal ini perlu observasi mendalam terhadap kondisi bayi yang mungkin berbeda-beda.

      2. Memang biasanya bayi akan dikeluarkan dari inkubator apabila tubuh bayi dinyatakan stabil biasanya apabila bayi sudah mempunyai kemampuan seperti yang dimiliki bayi dengan usia kandungan 34 minggu atau berat badan sekitar 2.000 gram.

      3. Inkubator adalah suatu alat yang digunakan untuk mempertahankan kondisi lingkungan yang sesuai untuk neonatus (bayi baru lahir). Hal ini digunakan dalam Kelahiran prematur atau untuk beberapa bayi baru lahir yang rentan penyakit. Perlindungan dari suhu dingin, infeksi, kebisingan, draft dan penanganan kelebihan Inkubator dapat digambarkan sebagai bassinets tertutup dalam plastik, dengan peralatan kontrol suhu yang dirancang untuk menjaga mereka hangat dan membatasi eksposur mereka terhadap kuman. Mempertahankan keseimbangan cairan dengan menyediakan cairan dan menjaga kelembaban udara, baik kelembapan yang tinggi dari kulit dan penguapan dari pernafasan bayi. Maka cukup penting kan..? ;-)

      4. Jika bayi sudah normal dan stabil tentu bagus di bawah sinar matahari setiap pagi..

  59. Shanti April 27, 2012 at 8:08 am #

    Hallo tips-bayi..

    Saya sedang mengandung 7 bulan. Namun banyak yang bilang kandungan saya turun.. apa itu berpengaruh pada waktu kelahiran bayi saya.

    Mengingat ini kehamilan pertama saya, apa yang tidak boleh saya lakukan utk menghindari kelahiran lebih cepat dr waktunya.

    Terimakasih untuk saran-sarannya.

    • tips-bayi May 15, 2012 at 2:36 am #

      @ Shanti,

      Yang mengatakan turun itu dokter..? Jika yang bicara bukan orang medis yang mengetahui keadaan kandungan Anda, sebaiknya Anda jangan terlalu merisaukannya.. karena akan mempengaruhi psikologis Anda dan bisa mengganggu kondisi Anda.. :-)

      Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan..

      Semasa hamil, terlebih lagi pada trimester 2 dan 3, ibu akan cepat merasa sakit mag.

      Lakukan tips – tips berikut agar bisa mengurangi gejalanya :

      * Gunakan sebuah bantal yang dijepit di kedua lutut, untuk mengurangi tekanan pada pinggul dan lutut
      * Kurangi konsumsi air pada malam hari (tetapi tidak untuk siang hari), dan kurangi mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein karena dapat menyebabkan sakit mag
      * Makanlah sedikit demi sedikit tapi sering
      * Perbanyak minum susu, karena selain dapat mengurangi asam lambung, kalsium susu sangat dibutuhkan oleh ibu hamil
      * Setelah makan, cobalah untuk makan makanan kecil atau snack
      * Sediakan permen rasa mint untuk mengurangi rasa mual akibat sakit mag

      Trimester 3, semakin dekat masa kelahiran si buah hati namun ibu akan semakin tidak nyaman. Cobalah tips – tips berikut :

      * Gunakanlah sandal atau sepatu tanpa hak agar kaki tidak sakit
      * Jika ibu mengalami sakit pinggang, gunakan kompres air hangat untuk bagian tubuh yang sakit
      * Jika ibu mengalami kram, olahraga ringan dapat membantu mengurangi. Lakukanlah olahraga ringan yang teratur seperti berenang, atau berjalan – jalan di pagi hari. Selain itu jika berbaring, coba letakkan kaki di atas bantal agar posisinya lebih tinggi dari kepala
      * Lakukan posisi tidur menyamping
      * Banyak – banyaklah melakukan relaksasi agar jiwa dan perasaan ibu tenang sambil menunggu hari kelahiran
      * Sering – seringlah mendengarkan bacaan Al-quran yang akan menenangkan, karena janin sudah dapat mendengar dan akan ikut merasa tenang dengan bacaan Al-quran yang menenangkan
      * Selalu meminta agar dokter kandungan melakukan USG tiap kali berkunjung ;-)

  60. beng April 25, 2012 at 6:56 am #

    1 april kemarin, saya melahirkan bayi sy bb 2,1 kg di minggu 33, di rawat di NICU selama 11 hari, pake sipep 6 hr, dan awal2x sering apne.selama perawatan turun 1,85kg, alhamdulllah pas usia ke 14 hr sudah boleh pulang bb 2kg, full ASI dalam sehari 9-12x menyusu. saya sempat down setiap browsing tentang bayi premature selalu yang serem2, banyak ganguan fisik, motorik, otak, dll. Semoga semua orang tua diberi kekuatan oleh Allah dan berpikiran positif, anak qta sehat….
    saya mencoba memotivasi diri saya bahwa bayi saya sehat, dan selalu berdoa cuma itu yang bisa saya lakukan, sll dekap dan beri sentuhan dan bilang sama bayi saya, kamu sehat dan kuat nak. walaupun kadang kekhawatiran itu sll muncul. doa dan usaha harus qta galakkan :) …. ini tugas besar qta menjadi orang tua bayi prematur, untuk menjaga amanah Allah, yakinAllah akan bantu qt membesarkan titipan-Nya….doa dan usaha y mom….

    • tips-bayi May 7, 2012 at 3:39 am #

      @ beng,

      Alhamdulillah.. bayi Anda tumbuh sehat.. Benar.. Anda jangan terlalu khawatir.. Insya Allah.. Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal.. ;-)

      Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok.. Bahkan perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan..

  61. caki April 21, 2012 at 4:01 pm #

    hay

  62. deni April 18, 2012 at 2:42 pm #

    anak saya prematur 7 bulan, tetapi setelah remaja tinggi dan berat badannya tidak terlalu pesat, malah dengan adiknya yang berbeda 3 tahun lebih besar adiknya. apa ada kaitannya dengan kelahiran prematur?

    • tips-bayi April 25, 2012 at 3:02 am #

      @ deni,

      Sebenarnya tidak terlalu banyak pengaruhnya.. apalagi sudah memasuki usia remaja.. ;-)

  63. Rissa April 13, 2012 at 6:03 am #

    Saya ingin sharing tentang “Handsome” saya…tapi jika ada masukan saran tolong yah…
    Anak saya terlahir 7 bln dengan berat 1,5 kg…berada di RS 3 minggu…di RS tranfusi darah, minum pakai selang, di sinar, oksigen dan pokoknya kasian banget melihatnya… dokter menyarankan untuk dibawa pulang dengan berat 1,7kg..1 minggu di rumah dia kena flu yang mengakibatkan muka menjadi biru dan serasa tidak bisa nafas sesaat…3 kali seperti itu langsung saya bawa ke dokter dan dokter menyarankan untuk rawat inap 1 minggu…waktu itu saya benar2 stress dan hanya bisa menangis. anak saya diuap. seminggu kemudian saya bawa pulang dengan berat 2 kg.. di rumah benar2 steril…..Tuhan memang luar biasa…sekarang uda 10 bulan dengan perkembangan yang terus menerus..berat uda 9,5kg aktif, strong dan Puji Tuhan sehat selalu. masih merangkak tapi pakai perut , hal itu kadang membuat saya berpikir kapan anak saya bisa merangkak seperti bayi lain..??? tapi dengan semangat dan senyumnya membuat saya bersyukur…

    Bagi Bpk/Ibu yang memiliki anak prematur…kadang memang kita merasa down dengan kondisi yang tidak sama dengan bayi lain…
    Lihatlah semangat anak kita untuk berkembang….lihatlah senyumannya….dan Percayalah Tuhan memberikan TERBAIK buat kita semua…thx

    • tips-bayi April 21, 2012 at 1:40 am #

      @ Rissa,

      Benar.. kita harus besar hati.. Karena perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal.. ;-)

      • uchie April 16, 2013 at 7:59 am #

        baby ku jg prematur, kadang suka sedih melihat anak2 sebayanya sdh lari dia blm bs..segala upaya sdh sy lakukan smp setiap minggu fisioteraphi di salah satu RS.

  64. heny April 10, 2012 at 1:36 pm #

    ass….tips bayi zy dtng lg,,mdd tips bayi tdk bosan dgn sgala keluhan kami’bayi z sdh berusia 6 bln lbh….tp bbx msh 5,1.dokter menyaran zy spy memberix vitamin bt nafsu mknx,,,ap tdk berbahaya..?terimah kasih…

    • tips-bayi April 18, 2012 at 3:38 am #

      @ heny,

      Wa’alaikumussalam..

      Kami tidak bosan.. justeru sebaliknya kami senang.. ;-)

      Hmm.. memang bayi Anda terlihat kecil akan tetapi BB bayi Anda masih tergolong NORMAL, karena masih 70% BB normal untuk bayi Indonesia. Meskipun terlihat kecil..

      Untuk pemberian vitamin apa saja, sebaiknya Anda konsultasikan pada DSA. Karena setiap bayi akan berbeda jenis vitamin yang dibutuhkannya..

      Dan saran kami, sebenarnya tidak harus memberikan suplemen yang macam-macam. Dengan ASI dan makanan bergizi sudah modal besar untuk mencetak anak sehat.. ;-)

  65. tutus April 6, 2012 at 4:11 pm #

    slam kenal…tips bayi
    anak sya terlahir prematur dgn BB 1,5 keluar incubator jdi 1,3 sekarang usianya 9 bln BB sudah di garis hijau 7,2 kg untuk kmampuan berbahasa dia sudah lumayan bagus sesuai dgn usianya tapi untuk kmampuan motoriknya agak lambat dia lom bsa memegang benda dgn kuat, lom bsa tengkurap tpi klo ditengkurapkan terkadang sudah bsa berbalik sendiri,menegakkan kepala kurang kuat.
    sya sudah membaca jwaban para ortu yg menyarankan terapi renang…terapi renang yang bagaimana yang paling aman untuk bayi kita apabila di sekitar kita belum ada klinik tumbuh kembang yang menyarankan terapi tersebut?mohoooon saran dan jawabannya,thanx

    • tips-bayi April 12, 2012 at 3:23 am #

      @ tutus,

      Salam kenal kembali.. ;-)

      Insya Allah.. Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal.. ;-)

      Di negara kita perlu pertimbangan juga untuk membawa bayi berenang. Karena fasilitas kolam renang di negara kita belum ada fasilitas seperti diluar sana yang menyediakan kolam untuk berenang bayi.., jadi solusinya apabila ingin meniru kita cari kolam renang yang memang kadar kaporitnya rendah, sirkulasi airnya bagus, dan yang penting kita harus hati-hati dalam mencobanya.. :-)

    • atya October 10, 2012 at 3:30 am #

      untuk bunda tutus,gimana perkembangan bayinya sekarang?pengen sharing anak saya jg lahir prematur, dg BB 1,7Kg, usia 8 bulan baru bisa miring2,skg udah 9 bulan tp belum ada perkembangan lg..n belum bisa tengkurap sendiri,,kepala juga belum bisa tegak benar,,anak ibu skg gmn?

  66. metha April 2, 2012 at 4:12 pm #

    Dear tips bayi sehat,, saya mau tanya nih,, bayi saya lahir prematur dgn BB 1,300grm n skrng msh d rawat di ruang NICU (baru 4 hari d ruang NICU tsb),, wktu pemeriksaan dokter saya tanya perkembangan anak sya,, info beliau jantungx blm mengatup dgn sempurna n infox itu biasa terjadi pada bayi2 yang lahirx kecil (prematur),, maksudx gimana ya itu “blm mengatup dgn sempurna jantungnya”?? Apakah beresiko bagi si bayi?? Mohon infox, cz saya worry mndngr hal tsb,, trims,,

    • tips-bayi April 19, 2012 at 12:37 am #

      @ metha,

      Mohon maaf pertanyaan Anda terlewat.. baru bisa terjawab.. :-)

      Mudah-mudahan bayi Anda sudah melalui masa kritis.. Belum mengatup dengan sempurna jantungnya karena memang keadaannya prematur.. Biasanya seiring dengan bertambah usia dan dengan perawatan yang tepat tentunya, katup jantung akan tumbuh lebih sempurna.. Jangan khawatir..

  67. sari widy March 30, 2012 at 4:43 pm #

    Assalamu’alaikum tips bayi… Wah pertanyaan sy kelewat untuk dijawab… Mohon direspon ya. Wassalam

  68. Antie March 28, 2012 at 3:32 am #

    Dear Tips_bayi…
    Anak saya lahir di usia kandungan 34 minggu dia lahir dengan BB 2 kg…saat ini dia berusia 5bln beratnya sudah 6kg…apakah beratnya normal??setiap bulan dia bertambah berat badannya antara 600-1200gr… dia sudah bisa tengkurap sendiri,sudah bisa ngoceh saat usia dia 4bln. Sayangnya dia tidak mau minum ASI lagi,jadi cuma 3 bln saja minum ASI nya…dan ASI saya pun tidak keluar,dari awal persalinan saya sudah melakukan berbagai macam cara untuk memperbanyak ASi misal saya di terapy akupuntur sama dokter,makan sayur daun katuk,minum MOLOCO, minum susu ibu menyusui,sering makan sayuran dan buah2n. Tapi sayang ASI saya tidak keluar…keluar hanya 10ml maka dari itu saya memberikan susu formula :( dari sejak dia lahir…saya tetap telaten memberikan tambahan ASI kepada anak saya tapi lama kelamaan setelah usia dia 3bln, dia sudah tidak mau sama sekali ASI sampai akhirnya ASi saya tidak keluar lagi :( …yang saya tanyakan aman kan susu formula ??

    • tips-bayi April 2, 2012 at 2:44 am #

      @ Antie,

      BB bayi Anda masih bagus.. karena termasuk 90% BB normal untuk bayi Indonesia.. ;-)
      Perkembangannya cukup bagus juga..

      Secara umum pertambahan BB dapat dikategorikan dalam hitungan sebagai berikut:

      * Triwulan pertama : 600- 1200 gram per bulan

      * Triwulan kedua : 500-600 gram per bulan

      * Triwulan ketiga : 350-450 gram per bulan

      * Triwulan keempat : 150-250 gram per bulan

      Jika memang sama sekali sudah tidak bisa diuasahakan.. Susu formula bisa jadi pengganti ASI Anda.. Meskipun kwalitasnya jauh.. ;-)

      Oh ya.. Perlu diingat untuk lain kali .. produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Yang tidak kalah pentingnya : Anda harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : jika ada pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun… ;-)

  69. heny March 24, 2012 at 12:29 pm #

    ass…..tips bayi terimah kasih atas sgala infox,,,,sgala info dr tips bayi…membuat z smangat untuk menjaga si kecil dan sangat membantu dalm perawatanx.skarang bayi z sdh berumur 6 bulan,,,dan hx mengkomsumsi susu formula,apa kah susux sdh bz pindah ke susu bayi yg berumur 6 bln?;atau,,,blum bs?krn usia normalx..baru berumur 4 bulan,,,,z jg bingung,,,ap bayi z sdh bz di beri makanan tambahan..? dan berapa kali sic idealx bayi mandi dlm sehari…?mohon infox tips bayi..terimah kasih….wsss”

    • tips-bayi March 29, 2012 at 1:47 am #

      @ heny,

      Wa’alaikumussalam,

      Bayi Anda sudah tidak mendapatkan ASI..? Dan sebelumnya bayi Anda mendapatkan sufor untuk usia berapa..? Sayang sekali kami tidak tahu berat badan bayi Anda..

      Berikan sufor sesuai dengan tahapan usia, jika sebelumnya bayi Anda diposisikan sebagai bayi usia 4 bulan maka cocoknya diberikan sufor usia 4 bulan. Kecuali BB bayi Anda antara 6,5 sampai 7,5 kg sudah bisa diberikan sufor usia 6 bulan.. ;-)

      Sudah pernah kami katakan sebelumnya bahwa dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Anda tinggal di daerah panas..? Jika suhu daerah Anda sedang-sedang saja.. mandi 1 kali sudah cukup kok.. ;-)

  70. iwan March 15, 2012 at 9:19 am #

    Dear tips-bayi,

    Saya ingin mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada tips-bayi karena kami sangat terbantu dengan milis ini dan jawaban2 tips bayi yang sangat jelas dan juga sabar dan menenangkan kami sebagai orang tua yang mempunyai bayi prematur.

    Bayi kami terlahir prematur di usia kehamilan kurang dari 7 bulan dan BBL 1.3kg. Diinkubator selama 20 hari dan selama 20 hari diinkubator berat badannya tidak naik sama sekali, ia harus diinfus dan diberi ASI melalui selang dari mulut ke dalam perutnya. Setelah infusnya dilepas, kami memaksa untuk membawanya pulang karena selain masalah biaya kami juga merasa kurang puas dengan perawatan suster-susternya yang kami rasa kurang telaten dan kurang ramah.

    Di rumah, kami membeli heater dan thermometer ruangan untuk menghangatkan dan menjaga suhu kamar bayi selalu 34 Celcius. Bergantian dengan anggota keluarga yang lain kami menyusui dari botol 1 jam sekali yg hanya 5-10 ml. kami juga selalu memakai masker saat menyusui. Alhamdulillah saat ini ia berusia hampir 2,5 bulan dengan BB 3 kg lebih sedikit. Sudah bisa tertawa, bersuara2 lucu dan jika tengkurap sudah dpt mengangkat kepala mengubah posisi kepalanya sendiri. Saat ini menyusunya 3-4 jam sekali sebanyak 60-80 ml. Sewaktu pulang dari RS, dokter memberi vitamin zat besi dan juga kalsium yg tetap kami berikan setiap hari. Kami jg menjemurnya selama 15-30 menit setiap pagi atau sore hari bila pagi harinya mendung/hujan. Kami hanya memandikannya seminggu sekali. Sehari-harinya kami membersihkan badannya dengan baby oil.

    Pada waktu berat-badannya sudah mencapai 2 kg, kami membawanya ke RS untuk imunisasi, tetapi dokternya (beda dengan dokter yang pertama) menganjurkan untuk dirawat inap karena berat badannya masih dianggap kurang. Kami menolak dan membawa pulang kembali bayi kami dan akhirnya tidak jadi imunisasi :(

    Berapakah berat badan ideal bayi prematur untuk dpt mulai mendapatkan imunisasi? Apakah jadwal imunisasi nya mengikuti umurnya yg lahir prematur atau umur yg ditambahkan seperti jika ia dilahirkan normal, misalkan imunisasi yg seharusnya diberikan diusia 4 bulan bila bayi normal, maka usia 6 bulan bila bayinya 7 bulan prematur.

    Terima kasih tips-bayi… semoga selalu sukses. Tuhan memberkati!

    • tips-bayi March 21, 2012 at 2:15 am #

      @ iwan,

      Kami turut senang mendengarnya, bayi Anda sudah mengalami peningkatan yang cukup bagus meskipun BB bayi Anda masih belum ideal. Akan tetapi Anda jangan khawatir, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok..

      Insya Allah.. Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal.. ;-)

      Susui saja terus dengan ASI..

      Ya benar.. pemberian imunisasi untuk bayi yang lahir harus ditunda, misalnya vaksin polio sebaiknya diberikan sesudah bayi lahir prematur berumur 2 bulan atau berat badan sudah > 2000 gram, demikian pula DPT, hepatitis B dan Hib.

      Jika Anda akan memberikan imunisasi pada bayi Anda, konsultasikan dengan DSA atau praktisi imunisasi karena akan ada pertimbangan khusus berdasarkan keadaan bayi dan anak pada saat itu.. ;-)

  71. sari widy March 12, 2012 at 8:15 am #

    Assalamu’alaikum.. Tips bayi sy mau tanya anak k2 sy lahir prematur 33 mgg dgn bb 1998gr. Alhamdulillah skrg usianya sudah 32hr dgn bb 2222gr. Cuma yg saya khawatir belakangan ini dia agak kurang minum dan sepertinya perutnya kembung. Sy mengetahui anak sy kurang minum krn biasanya sy menggunakan asi tp memakai botol atau sendok (krn anak sy puting PD sy rata dan dia susah menghisapnya). Saat di RS sekali minum bs 50 – 70ml, tp saat di rumah antara 30 – 60 ml sj. Oiya.. Anak sy juga terkena ROP stadium 3 (retinophaty of prematurity) dan sudah dilakukan injeksi avastine pd kedua retina matanya. Pertanyaan sy, adakah jumlah minimal susu yg seharusnya diminum untuk perkembangan bayi prematur? Drmn sy tau berat badannya kurang atau normal? Bagaimana mengatasi bayi prematur yg sedang kembung? Apakah setiap minum susu bayi harus sendawa? Krn kadang sudah sy lakukan posisi untuk disendawakan dan sy tepuk2 halus punggungnya tp tetap tidak keluar sendawanya..
    Adakah ibu2 yg punya pengalaman dengan anak yg terkena ROP? Mungkin kita bs sama2 sharing..
    Trimakasih sebelumnya tips bayi. Wassalam..

    • tips-bayi April 4, 2012 at 2:08 am #

      @ sari widy,

      Oh ya.. mohon maaf terlewat ya.. ;-)

      Sebenarnya, tidak semua bayi prematur lahir dengan ROP. Kalaupun ada gejalanya, kebanyakan ROP tersebut membaik tanpa pengobatan pada stadium yang awal. Akan tetapi, bila bayi prematur dengan ROP berkembang ke arah stadium lanjut diperlukan penanganan secepatnya, dan itu sudah Anda lakukan..

      Kemampuan minum susu 30-60 ml sudah cukup bagus.. Jika laju air susu lancar tidak terlalu deras maka bisa saja tidak sendawa. Atau bayi Anda masih belum kenyang. Posisi menyusui juga mempengaruhi.. Yang penting setiap setelah minum buat posisi disendawakan, agar air susu cepat turun.. ;-)

      Jika bayi Anda ada keluhan kembung atau menurun nafsu minum susunya, hubungi DSA agar pemeriksaannya lebih akurat..

      • ahadi August 18, 2013 at 4:09 pm #

        bagaimana pak keadaan bayinya sekarang?bagaimana keadaan matanya?umur berapa bayi anda akhirnya bisa melihat?terima kasih atas jwabannya.saya juga mengalami hal yg sama dengan anda saat ini

        • ahadi August 18, 2013 at 4:16 pm #

          assallamualaikum…
          saya punya anak laki2 yg lahir prematur.pada saat lahir (25 maret 2013) bb 1.300 gr..skr berat nya 6 kg..yang saya mau tanyakan
          1. bayi saya belum bisa melihat seperti bayi pada umumnya..apa ciri2 bayi yg terkena ROP? pemeriksaan apa ka yg harus saya lakukan?
          2. ada tidak bayi yg lahir prematur baru bisa melihat pada saat umur nya lebih dr 6 bulan?

          terima kasih atas jwbannya…

        • tips-bayi August 20, 2013 at 7:14 am #

          ahadi,

          Wa’alaikumussalam…

          BB bayi Anda cukup bagus.. Anda jangan terlalu khawatir..
          1. ROP terjadi pada 50% bayi prematur dengan berat lahir kurang dari 1250 gram dan 10%nya berkembang menjadi ROP stadium 3 sedangkan 90%nya berlangsung ringan dan tidak memerlukan pengobatan. Pemeriksaan mata bayi dilakukan dengan menggunakan oftalmoskop indirek, konsultasikan dengan DSA nya.

          2. Bayi yang lahir normal bisa melihat jelas pada umur 2 bulan, dalam beberapa bulan pertama bayi belum mampu memusatkan penglihatan terhadap objek yang berada lebih dari 25 cm dari wajahnya. Namun bila ada sumber penerangan yang kuat bayi baru lahir bisa menggerakkan kepalanya mencari cahaya itu. Mata bayi baru lahir peka terhadap wajah manusia dan gerakan. Terhadap warna pun masih terbatas pada warna-warna cerah seperti merah, biru, lalu berkembang ke warna sekunder (hijau dan kuning).maka beri dia stimulasi (rangsangan) untuk melihat dengan memperlihatkan benda yang berwarna mencolok, seperti bantal, kain atau kertas kecil atau mainan gantungan berwarna warni. Maka jika bayi Lahir prematur kurang atau belum cukup umur, maka kemampuan melihatnya akan mundur juga. Mudah-mudahan bayi Anda akan segera bisa melihat.. Amiin..

          • ahadi August 21, 2013 at 5:40 am #

            terima kasih atas jawabannya…tp maaf kalau boleh jwaban no 2 nya…soalnya saya kawatir banget skr..menurut pengalaman tips-bayi : ada gak kejadian bayi prematur baru bisa melihat diatas usia 6 bulan yg sebelumnya belum bisa melihat..
            terima kasih atas jawabannya..saya tunggu..

          • tips-bayi August 28, 2013 at 3:27 am #

            ahadi,

            Baru melihat jelas di usia 6 bulan “Ada”.. Jangan terlalu khawatir, terus berdo’a, bayi Anda lahir diatas 1250 gr jadi kondisi lebih memungkinkan normal.. Insya Alloh..

    • mei November 20, 2013 at 9:51 am #

      Bu Sari, tindakan suntikan avastin pada kedua mata itu dilakukan dimana? dan apakah hasilnya bagus?

      makasih atas infonya..

      mei

  72. nina March 12, 2012 at 5:00 am #

    siang,,
    mau tanya dan minta saran yaa.
    saya melahirkan bayi di usia kandungan 34minggu dengan berat lahir 2,1. sekarang usia anak sy 3 bulan lebih 1 minggu. jika saya amati, anak saya kurang respon dengan suara yang pelan, namun jika mendengar suara yang cukup keras spt alarm mobil, dia langsung kaget. lalu utk penglihatan, dia belum bisa fokus utk melihat 1 benda. selalu melihat ke sekeliling. apa semua itu normal? apa sy perlu melakukan tes telinga dan mata ke dokter?
    terimakasih atas saran dan infonya

    • tips-bayi March 19, 2012 at 3:05 am #

      @ nina,

      Siang,

      Pada usia 3 bulan, perkembangan seperti itu masih NORMAL.. Biasanya bayi dapat melihat wajah dengan tersenyum ataupun melihat mainan yang berjarak 2-3 meter. Pada usia 3 bulan ini bayi juga akan bereaksi dengan senyuman meskipun sumber bunyi diluar jangkauan penglihatan. Suara favorit bayi adalah suara ibunya karena identik dengan kehangatan, kenyamanan dan pemberian asupan makan. Bayi akan menggerakkan kepala ke arah suara dan tersenyum bila mendengar suara Anda.. :-)

      Dalam beberapa bulan pertama ketika bayi mulai melihat, belum mampu memusatkan penglihatan terhadap objek yang berada lebih dari 25 cm dari wajahnya. Namun bila ada sumber penerangan yang kuat bayi baru lahir bisa menggerakkan kepalanya mencari cahaya itu. Mata bayi baru lahir peka terhadap wajah manusia dan gerakan. Terhadap warna pun masih terbatas pada warna-warna cerah seperti merah, biru, lalu berkembang ke warna sekunder (hijau dan kuning).maka beri dia stimulasi (rangsangan) untuk melihat dengan memperlihatkan benda yang berwarna mencolok, seperti bantal, kain atau kertas kecil atau mainan gantungan berwarna warni.

      Struktur pegangan bola mata bayi memang belum baik dan sekuat anak-anak atau orang dewasa, itulah sebabnya kalau membuat sang bayi melihat, sebaiknya diatur jaraknya tidak terlalu dekat dengan matanya, dan tidak membuat sang mata terputar-putar.

      Contoh, untuk mengajak bicara bayi, lakukan dari depannya, dengan jarak pandang yang cukup.

      Menggantung mainan atau pun cahaya agar tidak dari sebelah atas atau dari bagian kepala, sehingga ia jadi mendongak ke atas atau memutar-mutar bola matanya mencari arah cahaya tersebut, melainkan dari sebelah depan, dengan jarak yang cukup, sehingga tidak membuat bola mata bertemu untuk bisa melihatnya..

      Jika Anda khawatir dengan kondisi si kecil, Anda bisa melakukan konsultasi medis secara langsung… ;-)

  73. heny March 9, 2012 at 9:50 am #

    terimah kasih…atas sgala infox tips bayi…..zy smakin semangat menjaga si kecil….!!!!!!!!!!! wss,

  74. dewi rafika March 9, 2012 at 2:47 am #

    Tips Bayi, anak ku lahir usia 32 minggu BB 1.864 pjg 43,wkt lahir sempat transfusi darah namun efeknya Bilirubin malah tinggi mencapai 32..mau tdk mau diambil tindakan transfusi tukar/exchange atau cuci darah..saya mau tanya,apa efek dr tukar darah pd bayi prematur ?! Skrg usia bayi 1 bln 26 hr, berat bdn 3.044 pjg 50.5… Menurut Tips Bayi,, apakah anak saya akan berrkembang secara normal utk tumbuh kembangnya ?? Makasih

    • tips-bayi June 13, 2012 at 7:58 am #

      @ dewi rafika,

      Kami yakin para dokter dan praktisi tranfusi tukar darah, sudah menjalankan tugas yang terbaiknya. Insya Allah anak Anda akan tumbuh berkembang normal.

      Mohon dipahami bahwa Tips Bayi bukanlah tim dokter spesialis anak (DSA). Jika Anda perhatikan, di setiap halaman situs kami terdapat catatan kaki, “…Informasi yang disediakan di TipsBayi.com dimaksudkan untuk melayani para orang tua dan calon orang tua dalam merawat bayi dan merupakan tambahan dari sumber-sumber lain, sehingga tidak boleh dianggap dapat menggantikan konsultasi medis…”

      Untuk Lebih jelasnya, sebaiknya Anda hubungi DSA yang menangani bayi Anda dan Anda tanyakan secara detail apa diagnosa dan penanganannya..

      Semoga bayi Anda kembali sehat.. :-)

  75. heny March 4, 2012 at 11:34 am #

    ass…tips bayi z dtng lg dgn berbagai pertanyaan,,,skrng si kecil sdh hampir berusia 5 bln bbx 4,7…sdh mulai tengkurap sih,,,,,tp kepalax msih goyang2 gitu,,,blum bs ditahan mgk….kenpa yach bayi z blum mampu menahan kepalax..?ap perkembanganx lambat..?trimah kasih,,,wss

    • tips-bayi March 8, 2012 at 4:59 am #

      @ heny,

      Wa’alaikumussalam,
      Selamat datang.. ;-)

      Untuk perkembangan bayi Anda segitu sudah cukup bagus, lama-lama lehernya akan semakin kuat menopang kepalanya.
      Sering saja Anda melatih bayi Anda tengkurap. Biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu ..

  76. Rissa March 2, 2012 at 12:50 am #

    BB sih 8,9kg..tengkurap bisa. merangkaknya ngesot…gimana ya

    • tips-bayi March 8, 2012 at 2:18 am #

      @ Rissa,

      Luar biasa.. 8,9 kg adalah BB ideal bayi usia 9 bulan bayi yang lahir normal bu.. berarti bayi Anda sehat dan ideal.. ;-)
      Ngesot..? sudah kami katakan sebelumnya itu wajar dan NORMAL.. Anda jangan khawatir bayi Anda sehat dan perkembangannya bagus.. :-)

  77. lina February 29, 2012 at 12:29 pm #

    maksutnya normalnya peningkatannya berapa ons…mkch

  78. lina February 29, 2012 at 12:26 pm #

    aq mw tanya …. klau peningkatan berat badan bayi bblr perharinya berapa ons??? mkch

    • tips-bayi March 6, 2012 at 4:28 am #

      @ lina,

      Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok..

      Insya Allah.. Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal.. ;-)

      Susui saja terus dengan ASI.. berikan ASI sering bukan lama..

  79. hermina February 26, 2012 at 5:50 pm #

    tips bayi, gimana klo forum ini dibuatkan milis, jadi kita bisa saling share apa saja tentang bayi prematur,,, thanks

    • tips-bayi March 5, 2012 at 3:25 am #

      @ hermina,

      Oh ya.. sebenarnya Anda juga bisa share di sini bu.. ;-)
      Ide bagus bu.. silahkan Anda atau ibu yang lainnya untuk berbagi pengalaman disini.. agar semakin hidup dan bisa saling mengambil manfaat.. :-)
      Kami tunggu share-nya bu..

  80. suci February 23, 2012 at 12:14 pm #

    anak saya lahir 7 bulan,28 minggu…..tapi beratnya 2,7 kg….tapi tidak diingkubator..apa tidak ada masalahnya ?

    • tips-bayi February 28, 2012 at 2:53 am #

      @ suci,

      Berarti bidan atau dokter Anda menilai bayi Anda sudah stabil.. tidak ada masalah.. ;-)

      Memang biasanya bayi akan dikeluarkan dari inkubator apabila tubuh bayi dinyatakan stabil biasanya apabila bayi sudah mempunyai kemampuan seperti yang dimiliki bayi dengan usia kandungan 34 minggu atau berat badan sekitar 2.000 gram.

  81. Rissa February 23, 2012 at 1:36 am #

    anak saya prematur 7 bln dan skrg uda hampir 9 bln tapi belum bisa merangkak…gimana ya?

    • tips-bayi February 27, 2012 at 3:21 am #

      @ Rissa,

      BB berapa ya..? Sudah biasa tengkurap kan..?

      Insya Allah.. Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal.. ;-)

      Dan.. Anda jangan khawatir perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan… Dan bahkan terkadang ada juga yang tidak melalui tahapan yang biasa. Misalnya tidak merangkak tapi langsung berdiri dan berjalan. Ada juga yang ngesot tidak merangkak.. Jadi setiap bayi akan berbeda.. terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. Keturunan sangat berpengaruh.. ;-)

  82. heny January 25, 2012 at 7:44 am #

    ass,,,,tips bayi z dtng lg,,,,kali ini z mau menanyakan ttng perkembangan penglihatan bayi zy,bayi zy slalu melihat ke atas,otomatis bola matax slalu ke atas,ap it tdk boleh bg bayi prematur?bayi z jg suka cuaca yg diingin,sangat rewel klo panas..ap hal ini tdk berbahaya bg bayi z?terimah kasih taz infoxx,,,,,,wss..

    • tips-bayi February 2, 2012 at 2:19 am #

      @ heny,

      Jangan khawatir dengan penglihatannya.. Perlakuannya sama saja dengan bayi yang tidak prematur..

      Memang bayi bisa melihat jelas pada umur 2 bulan, dalam beberapa bulan pertama bayi belum mampu memusatkan penglihatan terhadap objek yang berada lebih dari 25 cm dari wajahnya. Namun bila ada sumber penerangan yang kuat bayi baru lahir bisa menggerakkan kepalanya mencari cahaya itu.

      Mata bayi baru lahir peka terhadap wajah manusia dan gerakan. Terhadap warna pun masih terbatas pada warna-warna cerah seperti merah, biru, lalu berkembang ke warna sekunder (hijau dan kuning).maka beri dia stimulasi (rangsangan) untuk melihat dengan memperlihatkan benda yang berwarna mencolok, seperti bantal, kain atau kertas kecil atau mainan gantungan berwarna warni.. ;-)

      Struktur pegangan bola mata bayi memang belum baik dan sekuat anak-anak atau orang dewasa, itulah sebabnya kalau membuat sang bayi melihat, sebaiknya diatur jaraknya tidak terlalu dekat dengan matanya, dan tidak membuat sang mata terputar-putar.

      Contoh, untuk mengajak bicara bayi, lakukan dari depannya, dengan jarak pandang yang cukup.

      Menggantung mainan atau pun cahaya agar tidak dari sebelah atas atau dari bagian kepala, sehingga ia jadi mendongak ke atas atau memutar-mutar bola matanya mencari arah cahaya tersebut, melainkan dari sebelah depan, dengan jarak yang cukup, sehingga tidak membuat bola mata bertemu untuk bisa melihatnya..

      Seneng cuaca dingin..? Segar mungkin..? Anda tinggal dimana ya..? Normal saja jika bayi ingin segar dan tidak mau panas.. kita juga begitu kan..? ;-)
      Bahkan jika bayi kegerahan cenderung akan rentan terhadap biang keringat. Untuk biang keringat, ini biasa terjadi akibat tersumbatnya kelenjar keringat, jadi solusinya:

      * Mandi secara teratur dan keringkan dengan handuk lembut.
      * Ketika berkeringat, seka badan dengan lap basah dan keringkan kembali dengan handuk kering.
      * Gunakan baju yang berbahan katun dan nyaman dipakai (tidak terlalu sempit), untuk mengurangi panas.
      * Jagalah ventilasi ruangan, agar pertukaran udara berlangsung lancar dan lebih sejuk..

      Atau ruangan tidur si kecil menggunakan AC ya? Sebenarnya tidak mengapa, hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
      - Suhunya jangan terlalu dingin
      - Jangan mengarah langsung ke bayi
      - Biasakan jemur bayi Anda di bawah sinar matahari pagi (s/d pk 08.00)
      - Buka jendela dan pintu ruangan setiap hari, agar sirkulasi udara ruangan tersebut baik
      - Cuci AC secara berkala, dan bersihkan juga debunya secara berkala

  83. Alif January 21, 2012 at 6:07 am #

    Ass wr wb..

    • tips-bayi January 23, 2012 at 2:22 am #

      @ Alif,

      Wa’alaikumussalam Wr. Wb., :-)

  84. Rissa January 16, 2012 at 7:54 am #

    Baby saya premature 7 bln berat 1,5 kg. skrg uda 7 bln 2 minggu beratnya 8,6kg… uda bisa mengkurep sih tp blm merangkak, masih angkat2 pantat. apakh msh normal?

    • tips-bayi January 19, 2012 at 3:53 am #

      @ Rissa,

      Usia 7,5 bulan BB-nya 8,6 kg..? Wah itu termasuk BB ideal usia segitu yang lahir normal.. BAGUS sekali.. ;-)

      Perkembangannya juga sudah bagus.. Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan..
      Perkembangan bayi Anda termasuk cepat.. ;-)

  85. heny January 14, 2012 at 12:43 pm #

    tips-bayi…..thank you,,,atas balasanx””’info dr tips bayi bwt aq,,,menjadi semangat untk menjaga bayiq”’………

    • tips-bayi January 17, 2012 at 2:55 am #

      @ heny,

      Sama-sama.. ;-)
      Tetap semangat.. !

  86. lala January 12, 2012 at 3:57 pm #

    o iya bayi saya kalau didudukkan sudah bisa duduk tegak..dan selalu mau duduk…dan sudah bisa posisi merangkak tapi ya itu belum bisa maju2..malah hanya mundur2…

  87. lala January 12, 2012 at 3:52 pm #

    hallo tips bayi…
    saya mau bertanya lagi nich..bayi saya lahir di minggu ke 26..sekarang usianya sudah 11 bln tapi belum bisa merangkak..duduk jg masih dibantu..apa itu masih normal dgn usia kelahirannya?
    bagaimana cara yang tepat untuk mengganti susu asi pindah ke susu botol?
    umur berapa bayi prematur bisa dilatih berdiri atau jalan?

    • tips-bayi January 16, 2012 at 2:59 am #

      @ lala,

      Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok..

      Insya Allah.. Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal.. ;-)

      Bayi Anda sudah memperlihatkan perkembangan bagus.. sudah bisa duduk tegak dan sudah bisa posisi merangkak.. Anda jangan khawatir, perkembangan fisik dan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. Dan bahkan terkadang ada juga yang tidak melalui tahapan yang biasa. Misalnya tidak merangkak tapi langsung berdiri dan berjalan. Ada juga yang ngesot tidak merangkak.. Jadi setiap bayi akan berbeda.. Keturunan dan BB juga bisa berpengaruh.. ;-)

  88. heny January 9, 2012 at 11:21 pm #

    dear tips bayi…….aq,seorang ibu yg melahirkansecara prematur,disaat kandunganq baru berusia 6 bln’bayiq,dirawat di rs di dlm ekubatuor slm 2 bln,dgn berat 1,3 kg.tp skrng syukur alhamdulillah.bayiq dah plng kerumah,skrng usiax dah 4 bln,dgn berat 3,3 kg.aq sangat khawatir apa kah bayiq’dapat tumbuh normal..seperti bayi2 yg lain?krn pernapasanx blum teratur,,,,,,dia bernapasa sngat cepat;!trimah kasih…..

    • tips-bayi January 10, 2012 at 3:11 am #

      @ heny,

      Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok.. ;-)

      Insya Allah.. Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal..

      Bayi memang nafasnya agak cepat.. periksakan kesehatan dan perkembangan bayi Anda secara berkala pada bidan atau dokter Anda, agar bisa diketahui sejauh mana perkembangannya..

  89. feni feranica January 4, 2012 at 1:37 pm #

    Malam tips bayi,
    bayi saya lahir prematur dgn BB 1,8kg skrng dah msk umur 3bln dgn BB 4,5kg.,. saya mau tanya
    -normalkah BB bayi saya dgn umur 3 bln dgn BB 4,5??
    -knapa diumurnya yg sekrng bayi saya klw diajak orang sekitarnya bicara bayi saya suka nggak merhatiin pdhal klw dirmh diajak bicara suka perhatiin n mau ketawa, -apakah ada mslh dgn penglihatannya??
    -apakah memang bayi prematur penglihatannya blm bs ngelihat jelas sprti bayi normal yg ktnya umur 2 bln udah bs ngelihat dgn jelas??
    -kenapa diusianya yg skrng putri saya blm mngenal namanya klw dipanggil, apakah itu msh wajar diusianya yg skrng??
    -pd usia brpa bln bayi lahir prematur bs mulai tengkurep n bs gagah ngangkat lehernya dgn kuat??
    -apakah ada mslh dgn perkembangan jlnnya nanti (jlnnya bs ngangkang/nggak normal) klw setiap hari 1×24 jam dipake’i popok sekali pakai krn dia lahir prematur??
    mohon jawabannya ya tips bayi.,. maaf klw terlalu kbnykan pertanyaan, krn saya khwatir dgn perkmbngannya,sebab ne putri pertama kami jd blm bnyk pengalaman.,.
    makasih tips bayi..

    • tips-bayi January 7, 2012 at 3:39 am #

      @ feni feranica,

      BB masih NORMAL.. karena termasuk 80% BB normal untuk bayi Indonesia yang lahir normal..

      Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok..

      Anda jangan khawatir perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.

      Jangan khawatir juga dengan penglihatannya.. Memang bayi bisa melihat jelas pada umur 2 bulan, dalam beberapa bulan pertama bayi belum mampu memusatkan penglihatan terhadap objek yang berada lebih dari 25 cm dari wajahnya. Namun bila ada sumber penerangan yang kuat bayi baru lahir bisa menggerakkan kepalanya mencari cahaya itu. Mata bayi baru lahir peka terhadap wajah manusia dan gerakan. Terhadap warna pun masih terbatas pada warna-warna cerah seperti merah, biru, lalu berkembang ke warna sekunder (hijau dan kuning).maka beri dia stimulasi (rangsangan) untuk melihat dengan memperlihatkan benda yang berwarna mencolok, seperti bantal, kain atau kertas kecil atau mainan gantungan berwarna warni.

      Struktur pegangan bola mata bayi memang belum baik dan sekuat anak-anak atau orang dewasa, itulah sebabnya kalau membuat sang bayi melihat, sebaiknya diatur jaraknya tidak terlalu dekat dengan matanya, dan tidak membuat sang mata terputar-putar.

      Contoh, untuk mengajak bicara bayi, lakukan dari depannya, dengan jarak pandang yang cukup.

      Menggantung mainan atau pun cahaya agar tidak dari sebelah atas atau dari bagian kepala, sehingga ia jadi mendongak ke atas atau memutar-mutar bola matanya mencari arah cahaya tersebut, melainkan dari sebelah depan, dengan jarak yang cukup, sehingga tidak membuat bola mata bertemu untuk bisa melihatnya..

      Untuk pemakaian diapers boleh saja meskipun digunakan setiap hari (jalannya tidak akan ngangkang/ nggak normal), tetapi pemakaian diapers pada bayi Anda sebaiknya tidak sepanjang hari.., berikan kesempatan daerah kelaminnya terpapar udara segar beberapa saat dan pilihlah diapers yang nyaman ukuran serta ketebalannya dan kemampuan penyerapannya.. Mungkin bayi Anda bisa kurang nyaman karena ketebalannya, Anda bisa coba pilihkan diapers yang lebih tipis, barang mahal belum tentu cocok dan bagus lho.. ;-)

  90. yuli December 28, 2011 at 12:57 am #

    sbg informasi tambahan diusaianya 4 bln BB nya 5kg,full ASI. normal gak?

    Yang dikhawatirkan jika diberi sufor adalah pencernaan karena diusianya 3 bln kemarin sering kembung dan sempat dibawa ke dokter karena tidak mau ASI..Kalau diberi ASI nangis menjerit… Kata dokter sih masalah pencernaan…

    Atau kalau saya berusaha keras memberikas ASI perah, mohon tips bagaimana cara memberikanASI, karena anak saya belum bisa minum dari botol susu (hanya digigit),kalau pakai sendok,belum kenyang udang marah/nangis duluan…

    Berapa banyak ASI baiknya dalam sekali minum…

    Bagaimana cara memerah dan penyimpanan ASI yang baik (karena paling banyak ASI yang bisa saya perah 100ml selama kurang lebih 25 menit)..

    Sangat dimohon saranya ya…….

    • tips-bayi January 4, 2012 at 3:18 am #

      @ yuli,

      BB bayi Anda segitu termasuk NORMAL.. karena termasuk 80% BB normal untuk bayi Indonesia.

      Anda bisa memerah/ memompa ASI Anda ketika Anda sedang dirumah, simpan ASI perahan pada botol di lemari es atau freezer, berikan ASI tersebut pada bayi Anda oleh anggota keluarga yang lain ketika Anda tidak sedang dirumah. Jangan lupa hangatkan terlebih dahulu ASI tersebut, dengan cara merendamnya di wadah yang berisi air panas..

      Anda bisa mengeluarkan ASI dengan tangan, pompa ASI manual, ataupun pompa ASI listrik yang banyak dijual di toko-toko perlengkapan bayi. Kami sarankan Anda untuk mencoba dan melihat sendiri mana yang baik untuk Anda.

      Di tempat bekerja, Anda dapat memerah ASI 2-3 kali (setiap 3 jam). Pengeluaran ASI dapat membuat Anda merasa nyaman dan mengurangi ASI menetes.

      Simpan ASI di lemaari es dan dibawa pulang dengan termos es saat Anda selesai bekerja. Anda juga bisa menyimpannya dalam termos yang diberi es batu atau blue ice. Kegiatan menyusui dapat dilanjutkan pada malam hari, pagi hari sebelum berangkat, dan waktu luang Anda. Keadaan ini akan membantu produksi ASI tetap tinggi.
      Karena produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Yang tidak kalah pentingnya : Anda harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun… ;-)

      Berikan ASI sesuai permintaan, 120cc-180cc setiap kali menyusu sudah cukup.. ;-)
      Pertahankan terus pemberian ASI meskipun harus dipompa..

      Anda bisa membiasakan dengan botol susu, carilah bentuk dan ukuran yang cocok dengan bayi Anda..

  91. yuli December 27, 2011 at 8:06 am #

    Siang tips bayi…
    Saya seorang ibu bekerja dari bayi yang lahir diusia kandungan 28 minggu dengan BB 1600kg, sekarang berumur 4 bulan..
    Menurut informasi darai teman saya akan ditempatkan di pelayanan,untuk itu disarakan agar anak saya diajarkan minum susu formula karena akan sulit bagi saya untuk bolak balik spt skrg (d t4 krja tdk disediakan t4 menyusui).
    Untuk itu baiknya anak saya diberi sufor apa ya???
    sbg info tmabahan anaksaya BAB kadang seminggu atau dua minggu sekali..
    Sangat ditunggu ya…..

    terimakasih..

    • tips-bayi January 4, 2012 at 2:25 am #

      @ yuli,

      Mudah-mudahan belum terlambat.. ;-)

      Sebenarnya Anda masih bisa memberikan ASI saja tanpa sufor meskipun Anda sibuk bekerja di luar rumah.. Anda bisa memerah/ memompa ASI Anda ketika Anda sedang dirumah, simpan ASI perahan pada botol di lemari es atau freezer, berikan ASI tersebut pada bayi Anda oleh anggota keluarga yang lain ketika Anda tidak sedang dirumah. Jangan lupa hangatkan terlebih dahulu ASI tersebut, dengan cara merendamnya di wadah yang berisi air panas..

      Anda bisa mengeluarkan ASI dengan tangan, pompa ASI manual, ataupun pompa ASI listrik yang banyak dijual di toko-toko perlengkapan bayi. Kami sarankan Anda untuk mencoba dan melihat sendiri mana yang baik untuk Anda.

      Di tempat bekerja, Anda dapat memerah ASI 2-3 kali (setiap 3 jam). Pengeluaran ASI dapat membuat Anda merasa nyaman dan mengurangi ASI menetes.

      Simpan ASI di lemaari es dan dibawa pulang dengan termos es saat Anda selesai bekerja. Anda juga bisa menyimpannya dalam termos yang diberi es batu atau blue ice. Kegiatan menyusui dapat dilanjutkan pada malam hari, pagi hari sebelum berangkat, dan waktu luang Anda. Keadaan ini akan membantu produksi ASI tetap tinggi.
      Karena produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Yang tidak kalah pentingnya : Anda harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun… ;-)

  92. dewi December 14, 2011 at 2:20 am #

    Dear Tips,

    Anak saya ?a?? kedua lahir prem 7 bln krn eclampsia n plasenta luka.skrg usia anak saya sdh 18 bln,berat badan 9 kg,panjang 90cm,namun blm bisa duduk,berdiri n jalan,mata jg blm fokus.saya sdh coba berbagai macam terapi n pemeriksaan dokter menyatakan dia sehat.

    Saya mberikan asi sampai dgn usia 8 bln krn saya sakit n skrg dia minum susu formula serta ? ?????ñ? ? bubur kasar serta jus buah.

    Pertanyaan saya,apakah pertumbuhan anak saya msh tergolong
    Normal bagi usia anak prematur? Dan stimulus2 apa saja yg hrs lbh saya utamakan?

    Terima kasih

    • tips-bayi December 21, 2011 at 3:03 am #

      @ dewi,

      Menurut pemeriksaan dokter anak Anda dinyatakan sehat.. itu sudah cukup untuk Anda agar tidak khawatir.. ;-)

      Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok.. ;-)

      Anda jangan khawatir perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.

      BB bayi Anda masih tergolong normal, karena masih 75% BB normal untuk bayi Indonesia. Meskipun terlihat kecil..

      Stimulusnya tetap harus bertahap.. Pertama untuk melatih bayi Anda duduk sendiri, Anda bisa mencobanya dengan BERTAHAP, menyandarkan dengan kemiringan yang cukup, lalu menopangnya dan untuk seterusnya Anda bisa sedikit demi sedikit melepaskan pegangan Anda sampai bayi Anda bisa duduk tegak..

      Bila bayi Anda sudah bisa duduk sendiri Anda bisa lebih leluasa melatih merangkak. Jadi Anda harus sabar dan telaten melatih dan menunggu bayi Anda duduk tegak sendiri dulu lalu belajar merangkak dengan menstimulasinya.. Jika bayi Anda sudah berlatih berdiri, Anda bisa mencoba tips sederhana untuk mengajari bayi Anda jalan dengan cepat.. Ajarkan bayi Anda berjalan dengan mendorong kursi plastik kecil atau galon air mineral besar.. Dengan begini maka bayi Anda akan lebih termotifasi untuk cepat belajar jalan.. Akan tetapi HARUS selalu Anda dampingi.. ;-)

  93. ismi December 11, 2011 at 8:35 am #

    Dokter, bayi saya prematur 34 minggu lahir dengan BB 2.1. kemudian di usia 2 minggu tepatnya, ia mengalami kejut2 sebentar (kaki, tangan seperti gerak2 sendiri dengan mata terpejam*). kemudian saya bawa ke dokter, dan diberikan obat bubuk (diminum 2×1 selama 2 minggu kedepannya).

    setelah itu kontrol ke dokter lagi tepatnya di usia bayi sebulan, dan diberikan lagi obat yang sama untuk sebulan kedepan.

    nah, padahal kejut2 tersebut tidak pernah kambuh/terulang, dan hanya sekali itu saja.
    berbahayakah jika saya berikan obatt bubuk itu selama 1 bulan kedepan?..
    atau harus bagaimana??… apakah anak saya mengalami gejala epilepsi??…

    mohon penjelasan sedetail mungkin ya dokter.
    terimakasih.

    • tips-bayi December 19, 2011 at 2:19 am #

      @ ismi,

      Apakah Anda tidak menanyakan pada dokter ketika memeriksa bayi Anda..? Seharusnya Anda jangan sungkan untuk menanyakan tentang kondisi bayi Anda dan obat apa yang diberikannya. Sejauhmana efek dan pengaruhnya.. Sepertinya dokter Anda yang lebih tahu karena beliau yang memeriksa.. ;-)

      Dan.. mohon dipahami bahwa Tips Bayi bukanlah tim dokter spesialis anak (DSA). Jika Anda perhatikan, di setiap halaman situs kami terdapat catatan kaki, “…Informasi yang disediakan di TipsBayi.com dimaksudkan untuk melayani para orang tua dan calon orang tua dalam merawat bayi dan merupakan tambahan dari sumber-sumber lain, sehingga tidak boleh dianggap dapat menggantikan konsultasi medis…”

      Semoga Anda tidak kecewa dengan jawaban kami.. ;-)

  94. Rissa December 8, 2011 at 2:58 am #

    Anak saya lahir prematur 7 bln dengan berat 1,5 kg..sekarang udah 6 bulan berat 8 kg.. apa ga kegemukan? penglihatan sudah baik, tp belum bisa tengkurap,.. bagaimana?

    • tips-bayi December 17, 2011 at 4:20 am #

      @ Rissa,

      Memang BB bayi Anda lebih sedikit dari BB ideal.. tapi tidak kegemukan.. ;-)

      Anda jangan khawatir perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. Dan bahkan terkadang ada juga yang tidak melalui tahapan yang biasa. Misalnya tidak merangkak tapi langsung berdiri dan berjalan. Ada juga yang ngesot tidak merangkak.. Jadi setiap bayi akan berbeda.. Keturunan dan BB juga bisa berpengaruh.. ;-)

      Untuk melatih tengkurap, Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu .. ;-)

  95. masao December 6, 2011 at 4:04 am #

    tanya dunk…ank sy lhr 32 minggu dg brt lhr 1,4kg…di hari kedua klahirannya Naufal (nama ank sy) ada pendarahan di lambungnya n 2,5 bln d inkubator…skrg sudah keluar Rs n beratnya udh 3 kg (2 bulan 1minggu)…yg sy mau tanya kn bulan depan cuti sy berakhir n sy kerja dluar kota..boleh g naufal ikut terbang dgn sy d usia sgitu, bhy g?n apa yg harus sy lakukan jika dlm perjalanan…sbgai catatan tmpt sy kerja menempuh 1x darat (7 jam) + 2x pesawat (45 mnt+1 jam)…tolong djawab cepat y..thx :)

    • tips-bayi December 17, 2011 at 3:07 am #

      @ masao,

      Wah.. mohon maaf.. lambat gak nih.. :-)

      Seorang bayi boleh dan aman diajak bepergian sejak usia 2 minggu (tentunya dengan persiapan matang), beberapa ahli menyatakan usia aman untuk bayi bepergian adalah di atas 2 bulan tapi karena di usia 2 minggu hampir semua organ tubuh bayi sudah terbentuk dengan baik, termasuk saluran tube eustachius, kematangan saluran yang menghubungkan hidung dan telinga ini sangat dibutuhkan bayi untuk beradaptasi menghadapi perubahan tekanan udara (terutama kala bepergian dengan pesawat). Karena jika belum matang, perubahan tekanan udara di pesawat bisa merusak indra pendengarannya.

      Argumen lain, beberapa kelainan kongenital, seperti kelainan jantung atau paru-paru, sudah bisa dideteksi setelah bayi berusia dua minggu. Dengan demikian, dokter bisa memberikan penanganan yang tepat. Dengan beberapa persiapan dan ditunjang kondisi fisik bayi yang sehat, tidak ada masalah bagi bayi bepergian di bawah 2 bulan apalagi diatas 2 bulan, tapi tepatnya konsultasikan dengan dokter anak Anda tentang kesehatan anak Anda.. ;-)

  96. Anonymous November 4, 2011 at 12:32 pm #

    Aq jga pux bAYi yg lahIRr pREmatUr..skRng udah beRumUR 2 tahUN leBh..yg z mau taNykan..knp keDua mATa bAyi z,kuRang jelas pEngLIhtanNya…z jdi khwtir tnTng bAyi z..

    • tips-bayi December 5, 2011 at 2:33 am #

      @ Anonymous,

      Ketika Anda menyimpulkan penglihatan bayi Anda kurang jelas, tandanya apa ya..? Bisa saja bayi Anda hanya tidak fokus dengan apa yang ada di depan dia.. Memang untuk memastikannya perlu observasi lebih lanjut. Ada baiknya Anda periksakan ke dokter agar Anda mendapat diagnosa yang lebih akurat..

      Semoga bayi Anda baik-baik saja.. ;-)

  97. dady November 1, 2011 at 2:43 am #

    Alhamdulillah,senen 24 oktober 11,istri saya melahirkan bayi perempuan(premature) secara normal diusia kandungan 6bln 3mg,bayi terlahir dengan berat 1.2kl,pjg 45cm. saat ini masih dalam perawatan intensif di ruang NICU,yang ingin saya tanyakan;sampai berapa lamakah(saat ini hari 9) perawatan bayi premature yang sangat kurang berat badannya di rumah sakait/NICU,,,?sebagai ortu yg baru mempunyai bayi premature(anak 1 tdk premature) dan kurang berat badannya,bilamana sekambalinya dari rumah sakit apa yg harus saya lakukakan ; 1. Untuk menambah berat badannya;2. apabila ada susu bagi bayi premature; 3. asupan2 gizi yang lainnya bila diperbolehkan;4. perawatan khusus apa bila memang harus bagi bayi prematur,,,,,,,,,saya berharap ada rekan2 dan tipsbayi untuk berbagi pengalamannya,,,,,,,terimakasih,salam -dady-

    • tips-bayi December 5, 2011 at 1:41 am #

      @ dady,

      Alhamdulillah.. Selamat ya.. kami turut gembira atas kelahiran buah hati Anda.. meskipun agak telat nih.. :-)

      Jangka waktu kebutuhan bayi Anda berada di ruang NICU tidak bisa disamaratakan dengan bayi prematur seluruhnya. Hal ini perlu observasi mendalam terhadap kondisi bayi yang mungkin berbeda-beda.

      Akan tetapi, biasanya tubuh bayi dinyatakan stabil ketika sudah keluar dari inkubator yang biasanya kemampuan ini dimiliki bayi dengan usia kandungan 34 minggu atau berat badan sekitar 2.000 gram.

      Usahakan berikan saja ASI setiap 2-3 jam atau mengikuti kemauan bayi Anda. Jangan takut ASI habis karena produksi ASI mengikuti prinsip supply and demand sehingga kantung ASI tidak akan pernah kosong.

      Dalam keadaan terpaksa, jika payudara Anda tetap tidak bisa mengeluarkan ASI, maka Anda bisa memberikan susu formula khusus bayi prematur, bukan susu formula biasa. Hal ini untuk menyesuaikan dengan kondisi tubuh bayi Anda yang masih belum sempurna.

      Pemberian susu formula harus dikonsultasikan dengan dokter karena pemberiannya harus berdasarkan observasi yang cermat. Intinya, jangan sembarangan memberikan susu formula kepada bayi Anda karena bisa membahayakan tubuhnya. Biasanya baru di usia koreksi 12 bulan bayi prematur boleh diberikan susu formula biasa..

      Mengenai kondisi sistem pernafasan bayi Anda, hendaknya Anda selalu konsultasikan terus dengan dokter Anda, karena dokter Anda akan melakukan observasi secara teliti..

      Anda jangan khawatir.. Insya Allah.. Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal..

      Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok.. ;-)

      Semoga bayi Anda sehat selalu..

  98. krisnanti ayu nofita sari October 18, 2011 at 11:08 am #

    tips bayi, ankku skg sudah 3 bulan, tp dya belum bs terlalu diajak bercanda..senyumnya masih pelit, belum bs miring dan tengkurap juga..apa itu normal ya?krn teman* seusianya 2 bulan sudah bs miring, malah tengkurep juga sudah?

    • tipsbayi November 18, 2011 at 2:24 am #

      @ krisnanti ayu nofita sari,

      Perkembangan fisik dan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan yang sama, meskipun kakak beradik sekalipun. Faktor keturunan sangat berpengaruh..

      Ajaklah terus berkomunikasi dengan lafal yang benar.. Bila sudah waktunya akan pintar juga .. percaya deh.. ;-)

      Untuk melatih tengkurap, Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu ..

  99. Anonymous October 10, 2011 at 2:57 am #

    tips bayi, anak saya skg sudah berusia 2 bulan 20 hari, tp kog belum bs tersenyum ya. padahal kalau diajak komunikasi dya seolah* mau bicara tapi belum ada suaranya?temen* seusianya sudah pada bs miring, senyum dan bersuara?gmn ya tips bayi..padahal setiap hari juga sudah distimulus..trus untuk minumnya, dya masih kuat 90 ml sekali minum, temen*nya udah 120/180…apa itu normal?mohon balassnnya….thanks a lot

    • tipsbayi November 5, 2011 at 3:39 am #

      @ Anonymous,

      Anda jangan khawatir.. Perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Begitu juga kemampuan minum..
      Bayi Anda insya Allah NORMAL.. buktinya jika diajak komunikasi bayi Anda sudah bisa merespon.. ;-)

  100. decyl October 7, 2011 at 6:38 am #

    Bayiku juga lahir prematur dengan berat yg sangat kurang, aku dianjurkan mama ke tempat pijat. Tapi akhirnya setelah survey aku menemukan suatu tempat yg aman dan terpercaya yaitu mom n jo (didaerah dharmawangsa) karena udah international certified. Aku bawa bayi ku kesana buat dipijat, ternyata emang efeknya bagus bgt, setela rutin aku bawa ke mom n jo bayiku udh dpt berat ideal pas umur 2 bulan. Aku masih bawa kesana smp skr (5 bulan) buat aku ajka berenang disana ada kolam renang buat bayi nya. kata terapis nya itu bagus buat merangsang sensorik dan motorik bayi.
    ALhamdulillah bayiku sekarang lebih ceria dan aktif. kemampuan sosial nya juga lumayan, jadi tenang.
    Buat temen2 yg mau coba ke mom n jo, pusatnya sih di dharmawangsa tp kyknya ada cabangnya deh di MOI gading, BSD, tj duren, fx dan mungkin tempat lain juga ada. coba tlp aja dulu di cust service nya 08-999-000-006 mudah2an bermanfaat ya…

  101. ayu September 29, 2011 at 7:06 am #

    terima kasih tips bayi,saya jadi tenang,bayi skrg umur & bulan,ya walapun prematur tapi saya bersyukur sampai sekarang dia sehat. sekarang sudah saya kasih makan bubur buatan sendiri,dan ternyata perkembangannya sangat bagus.sekarang dia sudah mengenal ibunya,bisa d ajak maen dan kakinya sudah bisa melangkah-melangkah kayak mau jalan. walaupun kelihatan kurus tapi sehat.terima kasih banyak buat tips bayi,kalau bisa tips bayi banyakin artikel2 tentang bayi prematur yach..

  102. Rissa September 16, 2011 at 3:28 am #

    5 june 2011 anak saya lahir dengan premature 7 bulan berat 1,5 kg. sekarang uda 3 bulan 2 minggu berat 5,4 kg. normal? penglihatan belum terlalu. sudah mulai memasukkan tangan ke mulut apalagi kalo haus. menurut tipssehat bagaimana dengan perkembangan anak saya? thx

  103. lala September 14, 2011 at 6:43 pm #

    terima kasih banyak tips bayi buat jawabannya…dia memang aktif,sudah mulai menggeser badannya saat saya telungkupkan,n sudah bisa membalikkan badannya dari posisi telungkup ke posisi terlentang..walau belumbisa telungkup sendiri…ooo ternyata kecil juga bisa keturunan ya…iya saya juga kecil hanya bapaknya yg besar..hehehe..jadi sekarang saya tidak kuatir lagi…

    saya juga mencampur bubur saringnya dengan susu hasil pompaan,dia tidak mau minum susu dari toko,saya juga campur dengan buah2an…

    tidurnya sich bagus,klo tidur jam 8 malam bangunnya jam 2 ato 3 pagi..baru saya susui…

    terima kasih sekali buat sarannya..sangat membantu saya….

  104. kiki September 10, 2011 at 6:59 am #

    sy mau nanya nich…waktu tgl 23-05-2011 ku melahirkan anak pertama ku, dia prematur 7bln 3 minggu,,skrg dia sudah 3 bulan 2minggu,,tp dia belum bisa melihat kami,,pa lagi ketawa kalo di ajak omong…apa itu normal untuk anak prematur…kalo boleh tau…bulan keberapa dia bisa melihat dan ketawa??

  105. dian September 7, 2011 at 7:03 am #

    hai tips bayi..kami mau nanya, saya melahirkan bayi pada minggu 38 dengan berat 1,5 kg (menderita preeklamsia), tanggal 14 Oktober nanti dia 3 bulan, tapi BB nya sekarang masih 2,2 kg, minum susu formula khusus BBLR, sempat minum asi sampai 1,5 bln berhenti karena dia tidak mau asi dan saya harus kembali bekerja. Apakah kalorinya kurang, trus mengapa belum juga pesat kenaikan BB nya. Oya pada 1,5 bln pertama tidak ada kenaikan BB. Dia juga BAB 3-4 hari sekali, apakah normal. Ketika minum susu dia selalu berkeringat dan kadang-kdang telapak tanggannya dingin.
    Kami ucapkan banyak terima kasih, sudi kiranya memberikan masukan dan tanggapan mengenai hal ini…

  106. lala September 6, 2011 at 11:00 am #

    hallo tips bayi….saya mau bertanya nich..anak saya lahir di usia 26 mgu,sekarang sudah hampir 7 bln,tp berat badannya hanya 5.9 kg…sudah hampir 1 bln dia sedikit makan,dia masih minum asi…tapi dia tidak mau lagi menghisap susu atau mpasi dari botol..makanya saya bingung krn asi saya sudah tidak terlalu banyak,n pada malam hari dia tidak mau minum dari botol,kalau saya kasi makan tengah malam dia juga tidak mau..apa yg harus saya beri disaat dia terbangun malam?
    dan juga dia suka sekali mengucek matanya sehabis bangun tidur,apa itu normal pada bayi??
    terima kasih

    • tipsbayi September 14, 2011 at 5:28 am #

      @ lala,

      BB bayi Anda masih termasuk 70% berat bayi NORMAL indonesia, meskipun terlihat kecil tapi aktif kan..? Kecil bisa juga turunan lho.. ;-)

      Susukan saja terus.. ! Ingat.. produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Yang tidak kalah pentingnya : Anda harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun… ;-)

      Mulailah Anda jeli membuat dan mencari MPASI yang disukai bayi Anda. Salah satu rahasianya agar MPASI disenangi bayi, rasanya jangan sampai terlalu jauh sari rasa makanan pokoknya (ASI). Jadi, berikan campurannya ASI/ sufor pada makanannya lebih banyak lagi..

      Jangan khawatir dengan pola tidurnya.. pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

      Gelisah atau sering terbangun malam pada bayi ada beberapa penyebab selain haus dan lapar. Bisa juga bayi Anda merasakan gerah, dingin pegal atau capek karena terlalu banyak rangsangan bermain disiang harinya atau bahkan bisa saja merasakan sesuatu yang sakit. Akan tetapi Anda jangan khawatir apabila bayi Anda tidak memperlihatkan keluhan lain..

      Saran.., bentuk kebiasaan pada bayi Anda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya ketika bangun, disusui atau ditenangkan dengan bisikan akan membentuk pola tidur bayi Anda yang bagus..hindari menggendong bayi Anda atau membiasakan dengan ayunan ketika terbangun, ini akan menjadi kebiasaan yang kurang baik.., beri makan atau susui ketika hampir masuk jam tidur, redupkan cahaya lampu ketika masuk jam tidur, jauhkan dari kebisingan..ini akan membantu lelapnya tidur bayi Anda.. ;-)

      Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh.

      Mengucek mata merupakan tanda bayi mengantuk.. wajar saja jika tidak diikuti keluhan mata yang lainnya, misalnya mata berair atau belekan..

  107. krisnanti ayu nofita sari September 6, 2011 at 2:15 am #

    tips bayi..saya mau nanya lagi, standartnya berapa cc ya sekali minum untuk bayi prematur…anak saya skg sudah 1, 5 bulan, trus sehari berapa kali?

    • tipsbayi September 14, 2011 at 4:34 am #

      @ krisnanti ayu nofita sari,

      Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur.

      Bayi umur sebulan, ada yang sehari bisa minum 100 cc, tapi ada juga yang 120 cc. Pertahankan terus pemberian ASI.. Bayi prematur perlu diberi susu lebih sering dibanding bayi cukup bulan karena mereka membakar kalori lebih cepat. Makin mungil tubuhnya, makin sering nutrisi perlu diberikan. Da kami anjurkan agar Anda selalu konsultasi dengan dokter .. ;-)

  108. trisyanti wulandari September 5, 2011 at 1:34 pm #

    siiippp…:-)
    kami akan slalu memberikan n berusaha semaksimal mungkin utk perkembangan buah hati kami…kami harap tips bayi slalu bersedia meluangkan sedikit waktunya agar bs sharing bersama kami…atas smua tips serta sarannya kami ucapkan byk terimakash…
    selamat idul fitri..mohon maaf lahir bathin…

    • tipsbayi September 14, 2011 at 1:44 am #

      @ trisyanti wulandari,

      Insya Allah kami akan selalu berusaha memberikan waktu untuk Anda dan semuanya.. Kami mohon maaf jika kami menjawab agak terlambat, dikarenakan menumpuknya pertanyaan.. ;-)

      Terima kasih untuk Anda yang senantiasa aktif di milis ini..

      Taqoballohu Minnaa Waminkum.. :-)

  109. trisyanti wulandari August 18, 2011 at 2:52 pm #

    Tips bayi,anak sulung sy dl lahir d usia kandungan 30 minggu.Alhamdulillah BBnya sdh 3kg..d usia 1thn pas,dia sdh bs berjalan…namun hingga skrg d usia 5,6thn,bicaranya msh blm terlalu jelas….
    Sy mau ty,denger2 kt org2 yg lebih paham,anak dg kelahiran blm cukup bln akan berpengaruh pada perkembangan motoriknya ya,baik motorik halus maupun kasarnya…Ada yg perkembangannya bs melewati anak2 seusianya 9Lebih cepat paham akan segala hal),ada pula yg dibawah teman2 seusianya(lebih lambat)..
    Apa anak sy termasuk dlm kategori yg kedua…mengingat semua perkembangan yg terjadi lebih sering membutuhkan waktu lebih lama di banding teman2 seusianya….???
    Terimaksh…bener2 aq tunggu ya jawabannya…

    • tipsbayi August 30, 2011 at 4:03 am #

      @ trisyanti wulandari,

      Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok..

      Perkembangan setiap bayi bersifat individual. Termasuk kemampuan bicara.. Jika sudah waktunya akan jelas juga bicaranya kok.. Yang penting teruslah rangsang dengan cara ajak berkomunikasi dengan lafal yang jelas..

      Pertahankan terus pemberian ASI, kami anjurkan agar Anda konsultasi dengan dokter secara berkala.. ;-)

      Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal..

  110. rina August 17, 2011 at 12:47 am #

    Tips bayi,saya mau nanya, 7 hr yg lalu sy baru melahirkan bayi prematur dengan berat 2,1 kg.
    Hingga sekarang bayi tersebut masih belum dapat meng-hisap susu melalui mulut. Sehingga masih harus dirawat di rumah sakit.
    Apakah ada tips agar bayi saya bisa segera meng-hisap $elalui mulut. Terima kasih

    • tipsbayi August 30, 2011 at 3:58 am #

      @ rina,

      Sepertinya bayi Anda sudah tumbuh normal, mohon maaf kami telat menjawabnya..

      Batas bobot bayi permatur boleh dibawa pulang dari rumah sakit adalah 1800 gram, dan kenaikan berat badan minimal adalah 15 gram/kilogram per hari.

      Bayi prematur lahir di usia kehamilan kurang dari 37 minggu. Selain perkembangan organ tubuhnya belum sepenuhnya sempurna, berat badannya juga masih sangat kecil. Untuk itu, perlu perawatan dan perlakukan khusus agar berat badanya cepat bertambah.

      Nutrisi harus cukup!

      * Tambah berat badannya dengan memberi ASI tiap 2 jam sekali. Batas bobot bayi prematur boleh dibawa pulang dari rumah sakit adalah 1800 gram, dan kenaikan berat badan minimal adalah 15 gram/kilogram per hari. Misalnya ketika pulang berat badan bayi 2 kg, maka kenaikan berat badan doharapkan 30 gram/hari. Bila bayi terlihat lelah menyusu, lanjutkan pemberian ASI dengan memberi ASI perah. Tanda kecukupan cairan dan nutrisi adalah bila bayi BAK dari 6 kalo sehari, mulut dan lidahnya tampak basah, terlihat puas sesudah minum dan tentu kenaikan berat badan.
      * Pada bayi prematur tertentu, dokter menyarankan tambahan penguat atau fortifikasi ASI atau susu untuk menambah kalori dalam rangka mengejar pertumbuhan.
      * Biasanya bayi diberi suplemen vitamin dan zat besi untuk diminum.

      Hemat Kalori! Batasi peggunaan kalorinya agar digunakan maksimal untuk tumbuh. Hindari memegang bayi mendadak atau secara kasar sehingga ia kaget, yang berakibat membuang energinya.

      Tidak kedinginan!

      * Suhu tubuh bayi harus selalu dalam kisaran 36,5º – 37,5ºC. jaga jangan sampai suhu ruangan terlalu dingin, antara 27º – 28ºC.
      * Bila pipis, segera ganti popoknya.
      * Bila ia kedinginan atau gelisah bungkus atau bedong-namun tidak terlalu ketat dan terlalu lama sebab memepengaruhi perkembangan motorik kasar.

      Kontrol rutin! Periksakan pertumbuhannya, meliputi BB/BT dan lingkar kepala, setiap 2 minggu hingga 1 bulan sesuai anjuran dokter.. ;-)

  111. ayu August 9, 2011 at 6:50 am #

    makasih tips bayi, kadang memang sebagai orang tua yang memiliki bayi prematur merasa khawatir dengan perkembangan bayi kita. Bayi saya sekarang sudah 5 bulan 2 minggu tapi beratnya masih 5,4 kg,panjang 63 cm, perkembangannya dia sudah bisa tengkurep sendiri, balik sendiri, guling-guling,sudah mulai ngangkat badannya,pegang mainan tapi klu tertawa jarang keluar suaranya,klu d ajak bicara juga sudah bisa merespons. tapi kakinya kow kayak tegang gtu ya,klu pas nangis..apakah perkembangan bayi saya normal.

    • tipsbayi August 30, 2011 at 3:47 am #

      @ ayu,

      Perkembangan fisik dan kemampuan bayi Anda terlihat NORMAL.. ;-)

  112. krisnanti ayu nofita sari July 29, 2011 at 4:20 am #

    tips bayi, saya mau tanya..baru 10 hari saya melahirkan bayi prematur dg BB 2, 3 kg…tp anak saya sangat susah minum asi atau formula nya, dan dya sering tidur..bagaimana solusinya agar dya mau minum asi atau formula dg mudah…krn kontrol pertama bb nya turun, sy memompa asi saya dan memberikan 30/45 cc setiap 3 jam…tp dya susah sekali minum?sudah disinar dan diinkubator juga?mohon balasannya?

    • tipsbayi August 7, 2011 at 3:04 am #

      @ krisnanti ayu nofita sari,

      Mudah-mudahan bayi Anda perkembangannya semakin membaik.. Tidak mau atau kurang nafsu minum susunya ya..? Tapi bisa masuk 30/45 cc.. itu bisa dipertahankan dengan sabar. Anda jangan terlalu khawatir, konsultasikan selalu dengan dokter mengenai perkembangan bayi Anda.. ;-)

  113. Anonymous July 19, 2011 at 3:15 pm #

    saya mau tanya ni…
    bayi saya lahir di usia kehamilan saya memasuki minggu ke 36 dengan BB 2490 gr, pjg 47 cm.
    pada usia 4 bln bb nya sudah 6.8 kg dengan pjg 61 cm dan lingkar kepala 39.5 cm

    sekarang di usia 5 bulan dia sering memasukkan tangan ke dalam mulutnya, sudah mengangkat kedua kakinya ke atas, sering menyentuh dan memegang rambut dan telinganya. sudah mengeluarkan suara dan mulai mengoceh dengan bahasa bayinya. memberi respon kl diajak bercanda dan jika mendengar suara. sudah mau tertawa terkekeh-kekeh. hanya saja memiringkan badan belum sempurna…seakan sulit untuk mengangkat pinggulnya dia belum bisa tengkurap sendiri.

    Pertanyaan:
    1. apakah pertumbuhan bayi saya normal?
    2. bagaimana caranya saya membantu agar bayi saya bisa tengkurap sendiri?
    3. umur berapa bayi saya bisa makan?

    Terimakasih seblumnya.

    • tipsbayi August 7, 2011 at 2:49 am #

      @ Anonymous,

      BB Bayi Anda bagus sekali, meskipun lebih sedikit dari berat ideal.. Perkembangannya terlihat baik, jelas sekali bayi Anda akan sedikit berat untuk miring dan mengangkat pinggulnya karena BB sangat mempengaruhi.. ;-)

      1. Pertumbuhan bayi Anda NORMAL..
      2. Untuk menstimulasi tengkurap, Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi.. ;-)
      3. Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan.. ;-)

      Anda bisa baca link terkait:

      http://www.tipsbayi.com/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan.html

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

  114. Yeni June 28, 2011 at 2:29 am #

    Mau Tanya dunk…
    Bayi saya lahir 31/32 bulan dengan BB 1,9 gram… Sekarang usianya 3bulan BB sudah 5,3 Kg. Perkembangannya sudah bisa miring…
    Saat ini saya sudah mulai bekerja… dan menyiapkan ASIP untuk bayi saya.
    Apakah bayi prematur boleh diberikan ASIP karena saya ingin bayi saya masih minum ASI walaupun saya bekerja….
    Terimakasih…

    • tipsbayi August 7, 2011 at 2:31 am #

      @ Yeni,

      BB bayi Anda bagus bahkan termasuk NORMAL rata-rata 95% bayi Indonesia yang lahir normal.. Perkembangan bayi Anda sudah tidak seperti yang lahir prematur. Anda bisa tetap memberikan ASI walaupun Anda bekerja.. dengan ASIP.. ;-)

  115. ayu June 12, 2011 at 7:19 am #

    saya mau nanya lg tips bayi,bayi saya juga prematur,skrg umurny 3bulan,bratny baru ..4,4kg,truz blm bisa tengkurap,boleh gx qt stimulasi dgn cra menengkurapkanya,trz knapa y byi sy sering bgt flu,ad ingusny truz…

    • tipsbayi August 7, 2011 at 2:14 am #

      @ ayu,

      BB bayi Anda masih NORMAL.. bahkan termasuk BB 70% rata-rata bayi Indonesia, hanya memang terlihat kecil ya..
      Belum bisa tengkurap boleh distimulasi tengkurap, asal tidak terlalu memaksanya. Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi.. ;-)

  116. novi June 11, 2011 at 4:18 pm #

    saya mo nungpang tanya anak saya lahir pa umur kandungan saya 32 minggu sekarang umur anak saya ud 4bln.yg mo saya tanya anak saya BABnya 2-5 hari sekali disebut normal apa gak?

  117. lala June 9, 2011 at 6:21 am #

    terima kasih buat jawabannya tipsbayi….:-)

  118. lala May 27, 2011 at 6:27 am #

    mau tanya lg,susu formula apa yg dicapur saat mempuat MPASI??apa susu formula yg khusus buat bayi prematur atau susu formula bayi biasa?terima kasih

    • tipsbayi June 9, 2011 at 1:52 am #

      @ lala,

      Bayi jika sudah mendapatkan MPASI berarti perkembangannya sudah NORMAL tidak harus susu khusus prematur.. Yang baik susu campurannya adalah ASI.. ;-)

  119. lala May 25, 2011 at 8:10 am #

    terima kasih banyak tips bayi..jawabannya sangat membantu…o ya apakah normal klo bayi saya beberapa x muntah setelah makan,dan kadang dia sulit tidur kalo di tidurkan ditempat tidurnya..dia suka sekali dipangku,ato dibuat seperti posisi kangguru..

    apakah nantinya bayi prematur akan hyperaktif??dan apakah ada perbedaan otak padi bayi normal n bayi prematur??

    terima kasih..

    • tipsbayi June 6, 2011 at 4:21 am #

      @ lala,

      Penyebab bayi muntah:

      - Pemakainan gurita.
      Kalau bayi Anda masi memakainya, coba lepas saja.

      - Posisi menyusui atau makan
      Sering ibu menyusui sambil tiduran dengan posisi miring sementara si bayi tidur telentang. Akibatnya, cairan tersebut tidak masuk ke saluran pencernaan, tapi ke saluran nafas. Bayi pun muntah. Karena itu, kalau menyusui, posisi bayi dimiringkan. Begitu juga ketika memberi makan kepalanya harus lebih tinggi dari kaki sehingga membentuk sudut 45 derajat. Jadi cairan atau makanan yang masuk bisa turun langsung ke bawah.. ;-)

      - Ukuran dot
      Jika si bayi suka dot besar lalu diberi dot kecil, ia akan malas mengisap karena lama. Akibatnya susu tetap keluar dari dot dan memenuhi mulut si bayi. Hal ini bisa membuat bayi tersedak yang lalu muntah. Sebaliknya bayi yang suka dot kecil diberi dot besar akan refleks muntah karena ada benda asing. Saat memberi minum bayi, gunakan perangkat yang didesain khusus untuk bayi. Jika menggunakan gelas, sedotan atau sendok orang dewasa, besar kemungkinan si kecil akan tersedak. Perangkat makan dan minum dewasa tak bisa mengatur asupan air sesuai kemampuan bayi menerima dan menelan.

      Lambung yang penuh juga bisa bikin bayi gumoh. Ini terjadi karena makanan yang terdahulu belum sampai ke usus, sudah diisi makanan lagi. Akibatnya si bayi muntah. Lambung bayi punya kapasitasnya sendiri. Misalnya bayi umur sebulan, ada yang sehari bisa minum 100 cc, tapi ada juga yang 120 cc. Nah, si ibu harus tahu kapasitas bayinya. Jangan karena bayi tetangganya minum 150 cc lantas si ibu memaksakan bayinya juga harus minum 150 cc, padahal kapasitasnya cuma 120. Jelas si bayi muntah…

      Dan mungkin bila bayi Anda sedang pilek.. Maka akan terpicu untuk muntah karena dahaknya..

      Volume lambung bayi sangat sempit sekali.., jadi gampang penuh dan cepat lapar lagi maka bila minum susunya kebanyakan akan keluar lagi (gumoh), solusinya susui setiap 2 jam sekali lalu sendawakan dengan cara gendong berdirikan dengan begini air susu akan turun ke lambung dan tidak akan gumoh, selama gumoh tidak masuk saluran pernafasan tidak apa-apa, cara menidurkan bayi yang sering gumoh bisa dengan cara miring agar bila bayi gumoh maka tidak akan masuk ke saluran pernafasan.

      Belum terlambat membuat kebiasaan yang baik.. Bukan berati bayi Anda sama sekali tidak boleh digendong. Hanya saja jangan terlalu sering hingga terbiasa dan ketagihan..

      Menggendong dipangkuan saat menyusui justeru baik dan posisi terbaik dalam menyusui..

      Banyaklah merangsang bayi Anda untuk bermain di bawah, sehingga motoriknya cepat berkembang…

      Bagi yang sudah ketagihan.. Jangan khawatir, nanti seiring dengan bertambahnya usia, biasanya dia akan berubah kok kebiasaannya. Bahkan banyak bayi yang biasa digendong sebeleum tidur, ketika sudah berusia 6 bulan-an sudah menolak untuk digendong :)

      Untuk tidur di tempat tidurnya atau di box.. mulai dibiasakan saja, apabila bayi Anda sudah terlihat lemas, sayu atau ngantuk maka mulailah bayi Anda diposisikan untuk tidur di tempat tidurnya.. Ajak bermain di tempat tidurnya, sediakan mainan dan buatlah suasana tempat tidurnya yang menarik untuk bayi Anda..

      Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal.. begitu juga dengan otaknya.. ;-)

  120. tina May 22, 2011 at 4:34 pm #

    Dear tips bayi saya mau tanya, bayi saya lahir 35 mgg, dirawat diinkubator selama 19 hari. Sekarang usianya tgl 23 ini genap 5 bulan tetapi kepalanya belum bisa tegak, apakah itu wajar atau memang ada masalah dengan syaraf motoriknya? Lalu Oezil ( nama bayi saya) belum bisa miring, tapi dy sudah bisa berkomunikasi dengan orang yg mengajak bicara dan sudah bisaberbicara, apakah itu wajar, dan untuk merangsang agar kepalanya cepat tegak apa yg harus saya lakukan? Terima kasih

    • tipsbayi June 6, 2011 at 2:32 am #

      @ tina,

      Untuk perkembangan kemampuan Ozeil jangan khawatir, karena perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal.. Bahkan untuk perkembangan lainnya misalnya berbicara atau berkomunikasi sudah seperti bayi yang lahir normal.. ;-)

      Jangan khawatir.. dengan sendirinya kepala bayi Anda akan tegak bila sudah waktunya.. Hanya untuk membantu merangsangnya, jika sudah bisa berkomunikasi ajaklah berbicara dari sisi bergantian agar bayi Anda belajar menggerakan lehernya.. ;-)

  121. ayu May 22, 2011 at 3:02 am #

    Mau tanya lagi nich tipS bAyi,bAyiQ akhr bulan ini usia 3 bulan,apakah sudah boleh dilatih tengkurap,dengan cara menengkurapkan bayi d atas kasur truz apakah boleh bAyi pRematUr dibw k sPa bAyi untk dilatih renang..

  122. lala May 20, 2011 at 4:56 am #

    apakah bayi prematur biasanya akan hyperaktif?

  123. lala May 19, 2011 at 8:30 am #

    mau nanya lg…apakah pada bayi prematur warna kulit akan berubah juga?karena bayi saya warna kulitnya sedikit gelap tapi disekitar kulitnya ada seperti keputih putihan juga…apakah bisa berubah lagi’?

    dan kapan bisa dimulai diberikan makanan pendamping ASI..walau sebenarnya ASI saya masi cukup tapi Dokter meyarankan untuk memulai memberi makanan pendamping ASI,karena pada bayi prematur ..

    • tipsbayi May 25, 2011 at 2:18 am #

      @ lala,

      Warna kulit ketika bayi akan berubah seiring bertambahnya usia.. keturunan sangat mempengaruhi.. ;-)

      Meskipun sudah diberi MPASI kami sarankan pertahankan pemberian ASI sampai bayi Anda berusia 2 tahun.. Bahkan ASI-nya bisa Anda campurkan pada MPASI-nya..

      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan.. ;-)

      Anda bisa baca link terkait:

      http://www.tipsbayi.com/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan.html

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

  124. ayu May 17, 2011 at 1:28 pm #

    Oh ya,mau tanya lg nie tips bAyi..apakah benar kLu bAyi pRematur ada pengurangan umur,ank sy lahir 8 bulan,skrg usia ank sy sudah mau 3 bulan,brarti dikurangi 1 bulan menjadi 2 bulan gtu ya..terima kasih penjelasanNya

    • tipsbayi May 25, 2011 at 2:16 am #

      @ ayu,

      Benar.. Akan tetapi.. perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal.. ;-)

      Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi yang lahir normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok..

      Pertahankan terus pemberian ASI, kami anjurkan agar Anda selalu konsultasi dengan dokter ..

  125. ayu May 15, 2011 at 4:34 am #

    Saya melahirkan bayi prematur,kehamilan 33 minggu krna preklamsia,berat byi sy hyn 1,9,pjg 44cm..dan skrg bayi saya usia 2 bulan,bratny bru 3,6 kg,pjg 52 cm..apakah nOrmal beratny baru segitu,truz kenapa ya bayi saya belum mau senyum,baru bisa miring kanan kiri,setahu saya,bayi usia 2 bulan dah bisa senyum.Bayi saya sampai sekarang minum asi dan sufor BBLR,tp trnyta dia alergi dengan sufor BBLR,kata dokter disuruh ganti sufor yg biasa,tapi bayi saya,lebih suka asi daripada sufor.tapi untuk mengejar berat badanny apakah saya haruz menambahkan sufor yg biasa..mOhoN di jelaskan tips bayi.makasih sebelumnya

    • tipsbayi May 17, 2011 at 2:53 am #

      @ ayu,

      BB Bayi Anda masih tergolong normal, karena masih 70% BB normal untuk bayi Indonesia yang lahir normal, panjangnya termasuk 90% bayi indonesia, meskipun terlihat kecil ya..? Anda jangan terlalu khawatir..

      Bayi Anda lebih suka ASI..? Bagus.. Susui saja terus dan sering dengan ASI.. ! Bayi prematur perlu diberi susu lebih sering dibanding bayi cukup bulan karena mereka membakar kalori lebih cepat.. ;-)

      Perbedaan perkembangan atau berat bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal..

      Justru karena Anda selingi dengan sufor maka ASI jadi kurang.. Sebisa mungkin Anda pertahankan pemberian ASI pada bayi Anda.. Ingat.. produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Yang tidak kalah pentingnya : Anda harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun… ;-)

  126. lala May 11, 2011 at 4:36 am #

    hallo tips bayi…
    bayi saya lahir di usia 26 minggu dengan berat badan 710 gram dan panjang 33 cm..sekarang usianya 3 bln dgn BB 3 kg panjang 44 cm…dirawat di inkubator 5 minggu..
    yang mau saya tanyakan berapa banyak ASI dapat diberikan kepadanya?dan apakah bayi prematur seperti ini dapat tumbuh normal seperti bayi lainnya?

    • tipsbayi May 13, 2011 at 3:55 am #

      @ lala,

      Insya Allah akan tumbuh NORMAL seperti biasa.. Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok..

      Pertahankan terus pemberian ASI.. Bayi prematur perlu diberi susu lebih sering dibanding bayi cukup bulan karena mereka membakar kalori lebih cepat.. ;-)

  127. fita May 8, 2011 at 5:03 pm #

    Anak sy lhr prematur pd usia kandungan 33mggu,cz sy trkena preklamsia.lhr dg BB 1,2kg pjg 37cm.diiinkubator 42hr.kluar dg bb 2,09kg.skrg anakku da 5,5bln.alhamdulillah skrg bbbnya 5,8. Pjgnya 61cm.anakku sdh bs tengkurep,tp baliknya msh kdg bs kdg gak.apa itu normal ya?kl diajak ngomong anakku sdh bs fokus,sdh bs tertawa.sdh bs duduk dipangku.sy bc artikel cidera otak pd by prematur,apa ada tanda2 pada by bila cidera otak?sy jd ngeri ..smga aja safiraku sehat trs,pinter n cpt gede…tq ya

    • tipsbayi May 13, 2011 at 3:16 am #

      @ fita,

      Amin.. Semoga Safira tumbuh sesuai yang Anda harapkan.. :-)

      Terlihat Safira tumbuh sehat.. Bahkan BB bayi Anda termasuk 80% bayi normal indonesia yang lahir normal.

      Untuk perkembangan kemampuannya Anda jangan khawatir, karena perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Sudah bisa tengkurap itu sudah bagus. Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal.. Bahkan sekarang pun sudah seperti bayi yang lahir normal.. ;-)

      Pertahankan terus pemberian ASI.. Bayi prematur perlu diberi susu lebih sering dibanding bayi cukup bulan karena mereka membakar kalori lebih cepat.

  128. hermina May 8, 2011 at 1:56 pm #

    9 bulan yang lalu anak saya terlahir prematur dengan berat 1,2kg… hampir 2 bulan di RS… sempat kena ROP matanya grade 3 tapi alhamdulillah sudah di laser dan kini penglihatan dan pendengarannya normal.
    bagi ibu/bapak yang ingin saling berbagi silahkan hubungi saya di email suandary@yahoo.com

    penting sekali bagi ortu yang anaknya lahir dibawah 1500gr untuk pengecekan mata dan telinga karena hampir sebagian besar bayi prematur mengalami ROP atau pendengaran yg tidak jelas…

    • tipsbayi May 13, 2011 at 3:06 am #

      @ hermina,

      Masukan yang bagus untuk kita semua.. Terima kasih.. ;-)

  129. Anonymous April 21, 2011 at 3:15 am #

    Saya melahirkan bayi pada usia kandungan 33 mg,bb byi 1,9,pjg 43 cm,skrg usiany 2 bulan,BBny bru 3,3kg,ideal gx ya,bru bisa miring2,tp lum bisa tengkurep..apakah wajar bayi seusia itU..slama ini bAyi saya minum ASI dan formula,bgaimana bAyi pRematUr bisa bbny cepet naik..

    • tipsbayi April 28, 2011 at 3:41 am #

      @ Anonymous,

      Sudah bisa miring-miring itu sudah bagus. Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal..

      Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok.. Bayi Anda tergolong NORMAL.. ;-)

      Pertahankan terus pemberian ASI.. Bayi prematur perlu diberi susu lebih sering dibanding bayi cukup bulan karena mereka membakar kalori lebih cepat. Makin mungil tubuhnya, makin sering nutrisi perlu diberikan. Da kami anjurkan agar Anda selalu konsultasi dengan dokter ..

  130. erman March 27, 2011 at 2:26 pm #

    anak saya prematur dengan berat 1.1kg sekarang sudah 2.9 kg, berumur 2 bulan, apakah tanda bayi bisa melihat, menurut dokter anak Kami baru bisa dilihat perkembanganya seluruhnya berumur 6 bulan, dan anak saya saat ini belum ada reflek terhadap benda2 yang di dekat pada matanya, umur berapa bayi bisa melihat

    • tipsbayi April 28, 2011 at 3:38 am #

      @ erman,

      Bayi bisa melihat jelas pada umur 2 bulan, dalam beberapa bulan pertama bayi belum mampu memusatkan penglihatan terhadap objek yang berada lebih dari 25 cm dari wajahnya. Namun bila ada sumber penerangan yang kuat bayi baru lahir bisa menggerakkan kepalanya mencari cahaya itu. Mata bayi baru lahir peka terhadap wajah manusia dan gerakan. Terhadap warna pun masih terbatas pada warna-warna cerah seperti merah, biru, lalu berkembang ke warna sekunder (hijau dan kuning).maka beri dia stimulasi (rangsangan) untuk melihat dengan memperlihatkan benda yang berwarna mencolok, seperti bantal, kain atau kertas kecil atau mainan gantungan berwarna warni.

      Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal.. ;-)

      Sering ajak bayi Anda berbicara agar dia bisa mengenali suara kita (ibu dan ayah) sehingga dia terdorong untuk mencari sumber suara dengan melihat dan menengok..

  131. tipsbayi March 24, 2011 at 2:28 am #

    @ christine,

    Bila bayi lahir dengan berat kurang dari 2,5 kg maka dia tergolong BBLR. Artinya semua resiko BBLR sangat mungkin dideritanya terutama kedinginan (hipotermi). Tapi dengan penjagaan yang baik biasanya masalah ini akan segera berlalu .. Namun demikian tentu saja berat badan sekarang jadi masalah. Bayi BBLR tidak sama dengan bayi ‘biasa’, bila ibu memiliki (harusnya sih memiliki) KMS, maka mungkin anak BBLR biasanya akan mengikuti pertumbuhan dengan berada di pita kuning atau hijau muda. Namun selama masih mengikuti jalannya pita anak ibu masih bisa digolongkan normal.

    Coba konsul dengan DSA Bu…

  132. christine March 22, 2011 at 7:32 am #

    tipsbayi, saya mau tanya.. anak saya lahir 1 sept 2010 lalu, usia kandungan 27 minggu, bb lagir 1,1 kg. lahir prematur krn kembar, kebetulan kembarannya meninggal 27 jam stlh lahir, anak saya dirawat 3,5 bulan di NICU and fyi, kedua matanya terkena ROP dan akhirnya disfungsi. sekarang usia biologisnya sudah hampir 7 bulan, tapi anak saya belum bisa tengkurap, blm masukin kaki nya ke mulut, belum bisa tertawa (hanya tersenyum saja), sya sudah bawa anak saya ke klinik tumbuh kembang suryakanti, tumbuh kembangnya memang jauh terlambat, mungkin setara anak 2 bulan. apakah dia masih mungkin mengejar ketinggalannya ya? saya sedikit kuatir, apalagi sekarang BB nya baru 5 kg.

  133. erman February 27, 2011 at 2:43 pm #

    bayi saya lahir dengan BB 1,1kg, sekarang di inkubator selama 7 hari tetapi belum bisa minum sendiri, sering keselek, skrng pakai sundel, berat sekarang 1,3 dengan umur 5 minggu. kira2 berapa cc asupan per harinya, n mulai kapan BB mulai normal

    • tipsbayi March 11, 2011 at 7:21 am #

      @ erman,

      Tanda kecukupan cairan dan nutrisi adalah bila bayi BAK dari 6 kali sehari, mulut dan lidahnya tampak basah, terlihat puas sesudah minum dan tentu kenaikan berat badan.

      Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok..

      Pertahankan terus pemberian ASI, kami anjurkan agar Anda konsultasi dengan dokter secara berkala.. ;-)

      Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal..

  134. cahyani January 28, 2011 at 6:01 am #

    bayi saya lahir tgl 21 januari 2011, lahir 32 minggu dg berat 1,6 kg skrg sudah satu minggu di RS tapi berat badannya kok naik turun padahal tiap hari masuk ASI 15cc per 2 jam lewat selang dan pipet, alhm bayi saya tidak di inkubator hanya pake lampu. apakah wajar berat badannya naik turun dan bgmn agar berat badannya bs naik ?

    • tipsbayi February 7, 2011 at 3:06 am #

      @ cahyani,

      Mudah-mudahan sekarang Anda sudah pulang ke rumah dengan bayi Anda.. ;-)

      Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan asupan nutrisi yang mencukupi untuk proses tumbuh kejar pada bayi prematur yang lebih cepat dari bayi cukup bulan. Air susu ibu (ASI) telah lama diketahui mempunyai manfaat bagi bayi termasuk pada bayi prematur untuk mengurangi kejadian infeksi dibanding susu formula.

      ASI prematur memiliki perbedaan dengan ASI yang matur karena mempunyai konsentrasi protein, asam lemak dan natrium lebih tinggi. Kadar yang lebih tinggi pada ASI prematur ini akan berkurang pada bulan pertama setelah lahir sementara itu kebutuhan bayi prematur terus meningkat sampai mencapai berat usia gestasi yang sebenarnya. Beberapa ahli merekomendasikan pemberian fortifikasi pada ASI terutama terhadap bayibayi yang kecil.

      Batas bobot bayi permatur boleh dibawa pulang dari rumah sakit adalah 1800 gram, dan kenaikan berat badan minimal adalah 15 gram/kilogram per hari.

      Bayi prematur lahir di usia kehamilan kurang dari 37 minggu. Selain perkembangan organ tubuhnya belum sepenuhnya sempurna, berat badannya juga masih sangat kecil. Untuk itu, perlu perawatan dan perlakukan khusus agar berat badanya cepat bertambah.

      Nutrisi harus cukup!

      * Tambah berat badannya dengan memberi ASI tiap 2 jam sekali. Batas bobot bayi prematur boleh dibawa pulang dari rumah sakit adalah 1800 gram, dan kenaikan berat badan minimal adalah 15 gram/kilogram per hari. Misalnya ketika pulang berat badan bayi 2 kg, maka kenaikan berat badan doharapkan 30 gram/hari. Bila bayi terlihat lelah menyusu, lanjutkan pemberian ASI dengan memberi ASI perah. Tanda kecukupan cairan dan nutrisi adalah bila bayi BAK dari 6 kalo sehari, mulut dan lidahnya tampak basah, terlihat puas sesudah minum dan tentu kenaikan berat badan.
      * Pada bayi prematur tertentu, dokter menyarankan tambahan penguat atau fortifikasi ASI atau susu untuk menambah kalori dalam rangka mengejar pertumbuhan.
      * Biasanya bayi diberi suplemen vitamin dan zat besi untuk diminum.

      Hemat Kalori! Batasi peggunaan kalorinya agar digunakan maksimal untuk tumbuh. Hindari memegang bayi mendadak atau secara kasar sehingga ia kaget, yang berakibat membuang energinya.

      Tidak kedinginan!

      * Suhu tubuh bayi harus selalu dalam kisaran 36,5º – 37,5ºC. jaga jangan sampai suhu ruangan terlalu dingin, antara 27º – 28ºC.
      * Bila pipis, segera ganti popoknya.
      * Bila ia kedinginan atau gelisah bungkus atau bedong-namun tidak terlalu ketat dan terlalu lama sebab memepengaruhi perkembangan motorik kasar.

      Kontrol rutin! Periksakan pertumbuhannya, meliputi BB/BT dan lingkar kepala, setiap 2 minggu hingga 1 bulan sesuai anjuran dokter.. ;-)

  135. dina isnaenita January 14, 2011 at 6:11 pm #

    ass..
    Dear tips bayi
    alhamdulillah tgl 26 des 2010 anak saya lahir perempuan dengan bb 1300gr. Panjang 42cm di rawat di inkubator selama 13 hari alhamdulillah sekarang sudah di bawa pulang yang ingin saya tanyakan berapa kali dalam sehari pemberian asi karna anak saya tidak mau disusui kadang kalo dipaksakan menangis. Akhirnya sya beri asi melalui botol jg di bantu sufor. Idealnya brp ml/perhari. Trus cara penyimpanan asi yg benar bgmn? Krn selama ini sy simpan di frezer.
    Jg kenapa mata sebelah kiri haura(nama bayi saya) sering terpejam spt malas bangun normalkah? Mohon diberi penjelasan utk perawatan selanjutnya terima kasih.

    • tipsbayi February 5, 2011 at 5:01 am #

      @ dina isnaenita,

      ASI ibu yang melahirkan bayi prematur juga sesuai dengan kebutuhan bayinya. Antara lain, kandungan proteinnya lebih tinggi, lebih banyak zat lemak, protein, natrium, klorida, dan besi untuk memenuhi kebutuhan bayi dan lebih mudah diserap.

      Bahkan telah dibuktikan bahwa fungsi mata bayi berkembang lebih baik pada bayi-bayi prematur yang diberi ASI dan mereka memperlihatkan kecakapan yang lebih baik dalam tes kecerdasan. Selain itu, mereka juga mempunyai banyak sekali kelebihan lainnya.

      Pemberian ASI memang harus bertahap. Minum ASInya 25-35cc setiap 2 jam sekali.. Tingkatkan sesuai permintaan dan kesiapan bayi Anda.. ;-)

      Cara penyimpanan ASI yang telah Anda lakukan sudah benar.. Sebelum Anda berikan pada bayi Anda, rendam dahulu dengan air panas hingga ASI mencair dan hangat kuku..

      Masih terpejam.. WAJAR.. Usaplah dengan lembut bagian luar mata bayi Anda ketika memandikannya dan perhatikan apakah masih ada tersisa kotoran pada pinggiran matanya. Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal..

      Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok.. ;-)

  136. marlina December 28, 2010 at 3:16 am #

    bayi saya lahir prematur (35 minggu, berat lahir 2,3 kg dengan tinggi 45 cm).
    saat ini bayi saya sudah berumur 5,5 bulan (berat 7,3 kg dengan tinggi 62 cm)..bayi saya sampai saat ini belum bisa tengkurep sendiri (hrs dibantu)..apakah tumbuh dan perkembangan bayi saya normal?
    tolong sarannya ya….udah panik nih…hikhikhik

    • tipsbayi January 8, 2011 at 4:13 am #

      @ marlina,

      Tinggi cukup dan bahkan BB bayi Anda termasuk ideal seperti bayi lahir normal.. Perkembangan kemampuan bayi, misalnya tengkurep, duduk atau berjalan sifatnya individual berbeda bayi satu dengan yang lainnya. Jadi Anda jangan khawatir, perkembangannya sudah sama dengan bayi yang terlahir NORMAL.. ;-)

  137. aan elaningsih December 23, 2010 at 7:16 am #

    makasih ya buat tips bayi,

    • tipsbayi January 4, 2011 at 1:38 am #

      @ aan elaningsih,

      Sama-sama.. ;-)
      Makasih juga buat Anda yang masih aktif di milis ini..

  138. iyma December 19, 2010 at 9:16 am #

    bayi saya lahir prematur….
    sekarang usianya baru menginjak 2 bulan…
    saya perhatikan, kemampuan nya melihat sangat berbeda dengan sepupu nya (lahir normal 9 bln) yang lahir cuma beda satu hari dengannya. sekarang sepupunya sudah bisa memperhatikan orang di sekitarnya.. sedangkan bayi saya sepertinya belum bisa. apa ada pengaruhnya dengan dia lahir prematur????

    • tipsbayi January 4, 2011 at 1:37 am #

      @ iyma, marlina,

      Anda jangan terlalu khawatir ataupun panik.. Bahkan untuk bayi ibu marlina berat badan seperti itu sudah termasuk berat ideal untuk bayi berusia 5,5 bulan lahir normal.. ;-)

      Seperti sudah kami beritahukan sebelumnya.. Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok..

      Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal..

      Perkembangan kemampuan bayi, misalnya duduk, merangkak, berjalan bahkan tumbuh gigi sifatnya individual berbeda bayi satu dengan yang lainnya. Turunan juga mempengaruhi lho.. ;-)

  139. Resty December 17, 2010 at 3:51 am #

    @tipsbayi
    Alhamdulillaah bayi saya sudah berkembang dgn baik..bahkan sekarang di usianya yg ke -4 bln sudah banyak ngoceh dan bisa diajak berkomunikasi dengan baik..untuk motoriknya pun juga sudah baik..Saya membawanya ke Spa bayi, dan rutin melatihnya berenang..alhamdulillaah so far sangat berguna bagi bayi saya..
    Terimakasih atas tips nya ya ^_^

    • tipsbayi January 4, 2011 at 1:33 am #

      @ Resty,

      Sama-sama.. ;-)
      Kami ikut senang bayi Anda tumbuh sehat dan lucu..

  140. tipsbayi December 15, 2010 at 2:21 am #

    @ aan elaningsih,

    Seperti sudah kami beritahukan sebelumnya.. Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok..

    Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal..

    Perkembangan kemampuan bayi, misalnya berjalan sifatnya individual berbeda bayi satu dengan yang lainnya. Turunan juga mempengaruhi lho.. ;-)

  141. tipsbayi December 9, 2010 at 5:58 am #

    @ Resty,

    Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok..

    Jadi Anda jangan terlalu khawatir. Hal yang paling penting adalah terus semangat dan bersyukur atas setiap langkah dan perkembangan bayi Anda.

    Pertahankan terus pemberian ASI, kami anjurkan agar Anda konsultasi dengan dokter secara berkala..

    Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan kok.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal..

    Belum bisa tengkurap..? Anda jangan khawatir, perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual. Itu WAJAR kok.. Apabila sudah waktunya bayi Anda akan tengkurap juga, bahkan yakin deh tengkurap akan jadi posisi favorit bayi Anda..

  142. aan elaningsih December 3, 2010 at 2:33 pm #

    biasanya gejala apa ajah sih yang dialami bayi prematur? apakah telat untuk jalan atau gimana?
    thanks :)

  143. Resty November 12, 2010 at 7:00 am #

    *maaf maksud saya disamakan dengan bayi berusia 2 bulan

  144. Resty November 12, 2010 at 6:58 am #

    Bayi perempuan saya saat ini berusia 3 bln. waktu lahir kandungan saya berusia 34 minggu. dengan berat badan 2,2 kg dan panjang 43cm. sekarang beratnya 5,2 kg dan panjangnya 56 cm. Sampai saat ini bayi saya baru bisa tengkurep apabila dipancing dgn dimiringkan, namun kepala sudah mengangkat dan memindahkannya,bahkan telentang jika ditengkurapkan, dan sudah bisa miring. hanya saja pandangan matanya sering tidak focus (focus hanya jika ada orang asing, atau kondisi cahaya terang krn sinar matahari,sehingga ia dapat membalas senyum saya jika saya berbicara kepadanya, namun jika hanya cahaya lampu, dia terlihat melengos). dan pendengarannya kalo dipanggil atau dikasih bunyi2an belum responsif. tetapi klo abila tidur dan terdengar suara keras ia kaget. Menurut DSA saya tidak masalah krn perkembangannya diibaratkan dgn bayi berusia 3 bulan, namun saya suka khawatir jika melihat bayi2 lain yang seumur dengan bayi saya sudah mampu berkomunikasi. Apakah benar itu normal? Saya harus bagaimana? apakah ada stimulasi yang ampuh untuk membangkitkan kemampuan penglihatan dan pendengaran Abila?

  145. Lina October 26, 2010 at 4:19 am #

    Hi tipsbayi..
    Anak saya prematur lahir pd kehmlan 33w. Skrg usianya hampir 6 bln. Yg mau saya tanyakan adalah, sufor lanjutan yg biasanya diberikan pd usia 6-12bln (tercantum di kaleng sufor), apakah pemberian sufor lanjutan ini hrs ikut umur koreksi jg untuk bayi prematur?
    Saya sudah baca penjelasan di atas mengenai mpasi, diberikan sesuai umur koreksi.
    Bgmn dgn sofor lanjutan?

    Bayi saya perkembangannya agak lambat, sampai skrg blm bisa tengkurep. Kdg2 saja mau tengkurep, tp sgt jarang.
    Gmn ya cara utk menstimulasi perkembangannya?

    Thanks sblmnya

    • tipsbayi October 28, 2010 at 3:21 am #

      @ Lina,

      Sama.. Begitupun untuk sufor lanjutan, ikut umur koreksi.. Apakah ASI Anda masih bisa diberikan..? Kalau masih berproduksi maka kami sarankan berikanlah ASI.. ;-)

      Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok..

      Jadi Anda jangan terlalu khawatir. Hal yang paling penting adalah terus semangat dan bersyukur atas setiap langkah dan perkembangan bayi Anda.

      Pertahankan terus pemberian ASI, kami anjurkan agar Anda konsultasi dengan dokter secara berkala..

      Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan kok.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal..

      Belum bisa tengkurap..? Anda jangan khawatir, perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual. Itu WAJAR kok.. Apabila sudah waktunya bayi Anda akan tengkurap juga, bahkan yakin deh tengkurap akan jadi posisi favorit bayi Anda.. ;-)

      Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

  146. wiwik October 23, 2010 at 3:54 am #

    Dear tipsbayi

    tgl 17 okt kmrn aku melahirkan bayiku pada khmilan 32 mggu, dgn bb 1,2kg, dgn SC. aku hrs SC krn mengalami pendarahan hebat, ketuban sudah bocor dan kontraksi (aku hamil dgn kondisi placenta previa totalis).
    Sampai saat ini, bayiku msh di dlm incubator. Dan mulai tgl 22 okt kmrn, bayiku sudah diberi susu formula khusus bayi prematur tiap 4 jam sekali dgn volume 10cc.
    Yg bikin aku sedih, asiku sgt bnyk sekali (malah harus selalu dipompa krn PD bengkak) tp aku dilarang ma ibu, suami dan keluargaku utk ksh asi, dgn alasan aku msh minum obat dari dokter sejak habis SC. klo aku perhatikan obat2 yg aku minum bukan obat dosis tinggi. Dan aku mau hentikan minum obat agar aku bisa ksh asi ke bayi, tp selalu dihalangin.
    jujur aja, aku bingung bgt, apa yg hrs aku lakukan? pls advicenya ya.
    makasih.

    • tipsbayi October 28, 2010 at 3:04 am #

      @ wiwik,

      Pertama, berikanlah alasan dan keterangan pada suami dan anggota keluarga yang lain, terangkan bagaimana pentingnya ASI untuk pertumbuhan dan imunitas bayi. Katakan bahwa tidak ada yang bisa menandingi bagusnya kwalitas ASI sekalipun sufor termahal..

      Kedua, konsultasikan dengan dokter bayi Anda.. Sekali lagi dengan dokter yang menangani bayi Anda.. Ikutlah apa yang diputuskan dokter bayi Anda, yakinlah saat ini dokterlah yang lebih tahu keputusan yang tepat untuk Anda dan bayi Anda.. ;-)

  147. tipsbayi October 6, 2010 at 4:35 am #

    @ Asih Dwi Handayani,

    Anda jangan khawatir, perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, banyak faktor yang mempengaruhi termasuk berat badan dan keturunan.. Belum bisa berjalan Anda jangan terlalu khawatir berikan saja rangsangan terus agar bayi Anda lebih terbantu dan termotifasi..

    Bayi Anda sudah bisa berdiri maka untuk latihan jalannya, ada tips sederhana.. Ajarkan bayi Anda berjalan dengan mendorong kursi plastik kecil atau galon air mineral besar.. Dengan begini maka bayi Anda akan lebih termotifasi untuk cepat belajar jalan.. Akan tetapi HARUS selalu Anda dampingi.. ;-)

  148. Asih Dwi Handayani October 5, 2010 at 12:09 pm #

    Anak kami kembar prematur lahir 1,7 kg dan 2,1 kg , di inkubator 2 hari di RS dan di rumah di open bidan 1 bulan, minum ASI 7 bulan, sekarang usianya sudah 20 bulan, perkembangan badan 11 kg dan 12 kg, gemuk, montok, bisa ngomong , tapi belum bisa berjalan , hanya minta dituntun terus dg 2 tangan, kapan bisa berjalan sendiri, sudah kami latih tiap hari?

  149. tipsbayi September 28, 2010 at 3:21 am #

    @ Tari,

    BB Ziven normal karena masih pada rata-rata 80% BB normal untuk bayi Indonesia.. Jadi perkembangan bayi Anda sudah seperti bayi yang terlahir normal..

    Dan untuk perkembangan kemampuannya Anda jangan khawatir, karena perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual..
    Menurut kami bayi Anda sehat-sehat saja kok.. Akan tetapi tidak ada salahnya apabila Anda ingin lebih jelasnya untuk konsultasi dengan DSA Anda.. ;-)

    BAB hijau masih normal tetapi tidak boleh terus-menerus muncul, berarti sufor yang bayi Anda konsumsi mempunyai kandungan gula & laktosa tinggi tapi rendah lemak..

  150. tipsbayi September 28, 2010 at 3:09 am #

    @ Desy,

    Hitungannya tidak sama.. Untuk perhitungan pemberian MPASI bagi bayi yang cukup bulan.. Anda bisa melihat dari tanda-tanda Berikut :

    * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
    * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
    * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
    * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
    * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

    Jika setiap kali Anda mencoba menyuapkan makanan kepada si kecil dan lidahnya terus mendorong makanan tersebut keluar, berarti dia belum siap diberi MPASI. Kalau begitu, jangan dipaksa… ;-)

    Dan.. Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan..

  151. Tari September 23, 2010 at 5:34 am #

    oh ya… sekarang anakq udah umur 4 bulan dengan BB 3 minggu lalu 4,8 kg sekarang belum nimbang (kayaknya 5 kg atau lebih sedikit). dia dah bisa angkat kepala meski masih belum terlalu tegak tapi masih belum bisa miring, n mata kanannya kalo menangis belum keluarkan airmata sementara yang kiri sudah. bagaimana menurut anda? trimakasih banyak sekali lagi

  152. Tari September 23, 2010 at 5:30 am #

    Hi… Tips bayi…
    anakq lahir prematur umur 36 minggu dengan BB 1608 gram. dia dilahirkan krna ketuban dah habis tanpa saya sadar. waktu dilahirkan katanya ari-arinya rapuh (begitu kena air/sentuh bagian tersebut lepas). dulu pas usia kandungan 10 minggu aq mengalami pendarahan di rahim sampai usia 22 mingu. waktu lahir ziven (nama anakq) sempat di inkubator selama 32 hari dan keluar dengan BB 2008 gram. selama di inkubator ziven pernah mengalami pendarahan di lambung sampai dengan 15-20 cc perhari. ASI ga keluar jadi terpaksa diberi susu formula khusus prematur untuk menaikkan BB hingga berat 3 kg, setelah dokter menyarankan untuk ganti susu formula dengan kandungan HA (susunya pekat banget n sulit diencerkan) karena ziven dinyatakan alergi susu sapi. tapi setelah ganti susu, anehnya pub ziven seringkali ada lendirnya. tapi setelah pengobatan dan dengan menggunakan susu formula dengan Low Lactose ternyata sekarang ziven malah jarang pub sampe dua hari meski sudah balik ke susu HA yang awal. Dan pubnya berwarna kehijauan. kata orang sie normal, tapi bagaimanapun aq khawatir. apakah ini pengaruh pemilihan susu yang tidak tepat coz kyaknya ziven punya riwayat pendarahan di lambung? mohon sarannya.
    terimakasih

  153. Desy September 20, 2010 at 2:07 pm #

    Oh ya… Bayi saya lahir pada usia kandungan 37 minggu, jadi prematur cukup bulan, apakah tetap sama hitungannya?
    terima kasih

  154. tipsbayi September 7, 2010 at 4:26 am #

    @ Desy,

    Biasanya bayi tergolong prematur jika lahir sebelum usia 37 minggu. Untuk bayi seperti ini jadwal MPASI nya mundur sesuai umur koreksinya. Sbegai contoh,jika ia lahir pas 31 minggu, umur koreksinya 40-31 = 9 minggu, maka pemberian MPASinya pas umur 6 bln+9 minggu = 8 bulan.

  155. Desy September 3, 2010 at 1:16 am #

    Hi Tips Bayi, mau tanya nih…Aku mempunyai anak, lahir prematur dengan BB:1,6Kg sekarang umurnya sudah 5bln, BB: 6,5Kg , yang mau saya tanyakan pada umur berapakah anak saya mulai makan tambahan? apakah sama dengan bayi normal?
    terima kasih

  156. tipsbayi September 1, 2010 at 4:26 am #

    @ bunda haikal,

    Sebaiknya Anda konsultasi langsung dengan dokter untuk kasus seperti ini.

    @ wilson,

    Bayi prematur yang paling berisiko adalah bayi yang lahir pada usia kehamilan kurang dari 32 minggu. Apalagi, disertai berat badan lahir rendah, kurang dari 1.500 gram, atau salah satu di antara dua kondisi itu plus keadaan klinis berisiko tinggi.

  157. tipsbayi August 31, 2010 at 10:54 am #

    @ ade,

    Perkembangan bayi usia 6 bulan yang normal bisa Anda baca di: http://www.tipsbayi.com/index.php/perkembangan-bayi-6-bulan

    Namun memang tidak setiap bayi sama persis perkembangannya. Pada dasarnya, selama si kecil terlihat aktif dan ceria, serta tidak menunjukkan adanya gangguan kesehatan, Anda tidak perlu cemas.

  158. wilson August 30, 2010 at 9:52 am #

    selamat siank….istri saya skrg sedang mengandung usia ampir 5 bulan. skrg ini, menurut dokter, air ketuban terjadi kebocoran, sehingga pada saat bayi kontraksi, menimbukan rasa mulas di ibu nya. dan skrg ini, menurut dokter, apalabila terjadi rasa mulas yg hebat, di haruskan untuk melakukan operasi caesar untuk mengeluarkan janin tersebut. Yang ingin saya tanyakan, apakah hal itu bisa berakibat fatal terhadap kelangsungan hidup bayi? dan satu lagi, batasan aman umur baby yg lahir premature kira2 berapa bulan yaa? thx sebelumnya..

  159. bunda haikal August 30, 2010 at 7:42 am #

    DD haikal sekarang berusia 6 bulan. waktu lahir kandungan saya berusia 34 minggu. dengan berat badan 2 kg dan panjang 43. sekarang beratnya 6 kg dan panjangnya 63 cm. badannya kelihatan montok berisi. tapi dd belum bisa tengkurep. pandangan matanya tidak focus. dan pendengarannya kalao dipanggil atau dikasih bunyi2an tidak responsif. tetapi klo dd tidur suasa harus sunyi. karena klo terdengan suara tv atau orang berbicara suka kaget. itu berarti pendengaran dd haikal bagus gak ya??? tolong advicenya ya. thx saya tunggu segera.

  160. ade August 25, 2010 at 1:33 am #

    Bayiku lahir 6 bulan 3 minggu, sekarang dah satu tahun BB 6,4kg tapi baru bisa merayap apakah ini normal?

  161. Riris August 13, 2010 at 10:02 am #

    Terima kasih byk atas jwbannnya, TIPS BAYI..^^

  162. celesta August 11, 2010 at 8:22 am #

    @Riris
    Melihat kondisi anakmu, banyak kesamaan dgn kondisi anak saya. Anak saya lahir pd umur kehamilan 32 minggu dgn berat badan 1800 gr. Skr sdh 16 bulan dan berat 11,5 kg. Semua sehat, tp memang motorik kasar nya lambat. Hingga skr dia blm bs duduk dgn mantap. Saya sdh bawa ke dokter tumbuh kembang di Singapura, katanya sih tdk apa2, cuma proses pertumbuhan nya kacau sehubungan dgn kondisi prematur nya. Anak saya otot kaki nya kaku, nyaris tdk dpt di tekuk. Jadi skr dia menjalani fisioterapi dgn OT tiap hari dan berenang sehari kadang 2x. Semenjak renang dan terapi, kemajuan nya banyak.. dari tadi nya rangkak dgn perut, skr sdh rangkak dgn lutut nya lancar. Dan baru 1 minggu terakhir ini, dia sdh bisa berdiri. Tapi memang blm mantap dan aneh nya memang blm bs duduk sampai sekarang. Kita sabarin dan tekunin saja. Saya yakin anak kita bisa mengejar pertumbuhan anak normal saat umur nya 2 thn.

    Mengenai mata nya, anak saya mulai dari umur 5 bulan sdh mulai ada tanda2 juling. Sempat saya bawa ke dokter mata di sini, katanya bagus2 aja. Disuruh cek lagi dalam 6 bulan. Bulan Juni kemari waktu saya ke dokter tumbuh kembang, saya disarankan utk bawa anak saya ke spesialis mata anak di Singapore. Pas saya bawa, ternyata mata anak saya yg sebelah kanan di diagnosa dgn lazy eye. Harus di operasi. Ironis nya dokter singapore malah bilang saya terlambat bawa ke sana nya. Utk kasus lazy eye, lebih baik di operasi pas anak umur 1 thn. Sekarang anak saya tiap hari di tutup mata yg bagus nya (kiri) selama 8 jam sehari. Guna supaya yang lazy eye syaraf nya dipancing aktif dulu sblm bisa di operasi.

    Saya lihat kondisi anak kita sama. Sampai hari ini, apa anak ibu masih tidak mantap jika digendong? Tdk mantap dalam arti rada goyang2 oyot pas di gendong? Bawa anak ibu renang. Mulai di bimbing lbh mandiri, jgn terlalu dimanjakan… Krn anak kita ini hrs di stimulasi otak nya.. sehingga bisa lebih usaha dan mencoba trs.

    Thanks and semoga masukan saya berguna.

  163. tipsbayi August 11, 2010 at 7:20 am #

    @ Rina,

    Silahkan konsultasi langsung dengan DSA yang merawat bayi Anda. Terima kasih Pak Yohanes atas masukannya…

    @ Riris,

    Tahap pergerakan bayi, menurut dr. Waldi Nurhamzah, SpA, staf pengajar Bagian Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, mulai dari bagian atas tubuh sampai bawah. Ada pola pengembangan otot dari atas ke bawah. Jadi, kemampuannya mulai dari bagian kepala seperti bisa tersenyum, main mata, dan lainnya, sampai kemudian kemampuan pada kaki, seperti menggerak-gerakkannya.

    Pada usia 6-10 bulan mulailah terjadi koordinasi atau perkembangan yang lebih nyata antara tangan dan kaki. Meski saat itu otot-otot tangan berkembang lebih dulu dari otot-otot tungkai. “Jadi, tangan lebih banyak pergerakannya dari kaki.” Sehingga nanti akan terlihat, mobilitas atau koordinasi tangan lebih baik dari kaki dan lainnya. Kemudian pada masa usia akhir bayi atau 11-12 bulan, mungkin koordinasi kaki lebih baik lagi.

    Sementara merangkak berada pada usia 7-10 bulan, di mana bayi mulai belajar melakukan pergerakan dengan koordinasi antara tangan dan kaki. “Fase ini berada pada fase antara duduk dan berdiri.” Namun, koordinasi tangan ataupun kaki yang baik tidak harus dengan merangkak saja. Mungkin saja saat itu bayi berguling dengan bagus dan dia menggunakan tangannya, atau bayi duduk dengan menggerak-gerakkan kakinya.

    Jadi, merangkak yang merupakan transisi antara duduk dan berdiri ini, tidak harus ada pada setiap bayi. Ia bukan milestone atau tonggak penting perkembangan, seperti halnya duduk ataupun berdiri yang memang harus ada.

    Pendek kata, tegas Waldi, merangkak tak dipakai sebagai suatu patokan penting untuk pertumbuhan. “Bukan sebagai kunci penting. Ada anak yang tanpa merangkak dan langsung berdiri juga boleh-boleh saja.” Juga tidak berkaitan dengan kecerdasannya, lo. Karena kecerdasan, kan, tidak tergantung dari merangkak saja, tapi pada perkembangan lainnya.

    Mengenai mata…

    Struktur pegangan bola mata bayi memang belum baik dan sekuat anak-anak atau orang dewasa, itulah sebabnya kalau membuat sang bayi melihat, sebaiknya diatur jaraknya tidak terlalu dekat dengan matanya, dan tidak membuat sang mata terputar-putar.

    Contoh, untuk mengajak bicara bayi, lakukan dari depannya, dengan jarak pandang yang cukup.

    Menggantung mainan atau pun cahaya agar tidak dari sebelah atas atau dari bagian kepala, sehingga ia jadi mendongak ke atas atau memutar-mutar bola matanya mencari arah cahaya tersebut, melainkan dari sebelah depan, dengan jarak yang cukup, sehingga tidak membuat bola mata bertemu untuk bisa melihatnya.

    Penggunaan gendongan bayi, sebaiknya tidak menggunakan dimana bayi begitu rapat dengan dada ibunya, tetapi dalam posisi seolah duduk ke arah depan.

    Jarak pandang dada ke kepala anda bisa dipaki patokan dan merupakan jarak pandang yang cukup baik, dimana ketika anda menggendong sang bayi (mendekapkannya) ia bisa memandang muka anda dan mata Anda.

    Apabila lampu kamar terletak diatas, usahakan menggunakan penangkas cahaya (misalnya kelambu), agar ia tidak langsung melihat ke cahaya lampu, atau meletakan tempat tidur bayi sedemikian sehingga bisa mendapatkan pandangan yang cukup baik bagi matanya untuk tidak bergulir.

  164. Riris August 10, 2010 at 3:09 pm #

    Hi Tips bayi…Anakku lahir prem 33mgg dgn bb 1.85kg. Skrg umurnya sudah 11bln 2mgg, beratnya blum nimbang lagi (tapi mgk sktr 8kg). Sampai skrg anakku blum bs tengkurep sendiri. Sudah suka miring2 sih. Blum bs duduk sendiri. Tp kalu disenderin, bs duduk sendiri. Sukanya kalu diberdirikan. Telapak kakinya sudah rata dengan lantai kalu diberdirikan. Mgk tidak, bayi langsung bs berdiri, berjalan tanpa harus melewati tahap berguling,duduk,merangkap? Trus ada satu lagi, sejak sktr bulan ke-8 sampai dgn skrg, mata anak saya agak kurang fokus antara kiri dan kanan. Bs bgantian. Kl kanan, posisi betul, yg kiri yg agak melenceng. Tapi waktu lahir sampai bulan ke-7,posisi matanya bagus. Kenapa ya? Sudah cek di dua dktr mata, disuruh balik 6bln lagi utk observasi lbh lanjut. Apakah ini pengaruh krn lahir prem? Mohon bantuannya. Apa yg bs dilakukan utk merangsang spy posisi matanya kmb normal. Terima kasih ^^

  165. yohanes July 31, 2010 at 4:44 am #

    kalau melihat cerita dari bu rina , biasanya bayi prematur delapan bulan
    yang masih umur 2 hari dan lagi didalam inkubator itu tidak langsung diberi minum asi atau susu formula, seperti pengalaman pada anak saya baru diberi asi / susu formula pada 6 hari itupun harus dengan takaran dokter yang tangani sejak proses lahir.
    Cara membrikan asi / susu formula dengan spet dulu dengan takaran dokter.
    kalau pengalaman pada anak saya susu formula bayi prematur adalah SGM BBLR muarah dan nyata dapat membantu asi ibu. …
    SGM BBLR diberikan sampai anak berat mencukupi dalam arti berat idial. setelah itu terserah mau ganti susu formula apa ?…
    sekian dari pengalaman saya untuk membantu Rina Lisnawati

  166. Rina lisnawati July 30, 2010 at 7:41 am #

    mbak mau tanya anak saya lahir prematur 2 hari yang lalu 8 bulanan dengan berat 2000gram sekarang dia masih di inkubator…saya masih belom bisa memproduksi ASI jadi pake susu formula khusus… katanya dia susah minum susu nya dan semalam muntah (kadang harus diselang katanya) gimana yah mbak..

  167. tipsbayi July 29, 2010 at 3:51 pm #

    nia:

    Wa’alaikum salam,
    Waduh maaf nih agak telat ya..? Bayi akan dikeluarkan dari inkubator apabila tubuh bayi dinyatakan stabil biasanya apabila bayi sudah mempunyai kemampuan seperti yang dimiliki bayi dengan usia kandungan 34 minggu atau berat badan sekitar 2.000 gram.

    Bayi sudah dapat minum atau mengisap dengan baik untuk mencapai kenaikan BB sekitar 20-30 gram per hari

    Bayi sudah tidak lagi mendapat pengobatan secara intensif dan tidak memerlukan pengawasan di rumah sakit

    Akan tetapi apabila dokter sudah mengizinkan Abdulloh Anda bawa pulang, maka sebaiknya Anda minta arahan dari dokter bayi Anda. Karena dokter bayi Anda yang lebih mengetahui sejauh mana kondisinya..

    Berikan ASI setiap 2-3 jam atau mengikuti kemauan bayi.

    Dalam keadaan terpaksa, jika payudara ibu tetap tidak bisa mengeluarkan ASI, maka ibu bisa memberikan susu formula khusus bayi prematur, bukan susu formula biasa. Hal ini untuk menyesuaikan dengan kondisi tubuh bayi yang masih belum sempurna.

    Dianjurkan, setibanya di rumah pasang lampu yang terang..

    Anda pun perlu memberikan kesempatan pada bayi prematur untuk tidur sepuasnya karena dia butuh waktu tidur lebih lama daripada bayi-bayi yang cukup bulan.

    Semoga bayi Anda sehat selalu.. :-)

  168. niken July 23, 2010 at 9:04 am #

    tambahan jg anakku lair dg berat 1kg

  169. niken July 23, 2010 at 9:03 am #

    ak jg mau berbagi pengalaman ni.. anakku jg terlair prematur 21 minggu krg 3 hari. msuk nicu krg lebih 45 hari. alhamdulillah perkembengannya utk bayi prematur cukup baik. skrg berumur 6bln beratnya 5,8 sdh bs tengkurap sendiri, ngoceh bahkan aktif sekali. keluar dari nicu di ROP matanya dan dihrskan laser . utk imunisasinya pun berjaln spt bayi normal lainnya. yang pengen saya tantakan apakah bayi premetur perlu imunisasi tambahn mengingat dia terlair prematur?

  170. tipsbayi July 22, 2010 at 3:37 am #

    Dian Restia:

    Hasil pemeriksaan mata sudah menunjukan mata bayi Anda normal. Anda tidak perlu memeriksakannya kembali..

    Sedangkan untuk test mantoux, sepertinya memang Anda lebih baik ikut petunjuk dokter untuk melakukannya sebelum imunisasi BCG..

    Mudah-mudahan bayi Anda sehat selalu. Jangan khawatir dengan perkembangannya, perbedaannya dengan yang terlahir normal hanya beberapa bulan saja kok. Selanjutnya Insya Allah normal.. ;-)

  171. tipsbayi July 22, 2010 at 3:14 am #

    gyta:

    Ada.. meskipun jarang.. ;-)

  172. tipsbayi July 22, 2010 at 3:08 am #

    marsha:

    Perbedaan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya pada perkembangannya saja. Itu pun hanya beberapa bulan saja kok.. Sistem imun tubuh setelah beranjak dewasa tidak dipengaruhi oleh sejarah kelahiran prematur atau normal.. ;-)

    Gangguan sistem imun tubuh pada manusia itu sendiri dapat di bagi dua, yaitu:

    * Gangguan kekebalan primer. Penyebabnya tidak diketahui dan telah ada sejak lahir.
    * Gangguan kekebalan sekunder, disebabkan faktor lain, misalnya infeksi (AIDS, campak, dan lain-lain), gizi buruk serta penyakit ganas, misalnya kanker, leukemia, obat-obatan misalnya obat yang mengandung hormone kortikosteroid, obat untuk kanker, dan lain-lain.

    Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi imun tubuh:

    * Infeksi
    * Penyakit
    * Obat-obatan
    * Gangguan gizi
    * Usia

  173. nia July 20, 2010 at 7:38 am #

    oh ya tips bayi, Abdulloh tidak punya riwayat apneu, bilirubin normal, tapi Hb rendah, jadi harus tranfusi seminggu sekali. trimakasih

  174. nia July 20, 2010 at 7:35 am #

    Assalaamu’alaykum, pengasuh Tips Bayi yang baik, keponakan saya lahir 28mg dgn berat 1020gr. Usianya sekarang 6 mg dan masih dirawat di perina dgn inkubator, beratnya sekarang 1500gr. Karena kendala finansial yang kami alami, dgn sangat terpaksa Abdulloh (namanya) pekan depan harus kami bawa pulang. Kira-kira persiapan apa saja yang harus kami lakukan? Situasi rumah saperti apa yang harus kami persiapkan (Suhu, cahaya)? Terimakasih.

  175. Dian Restia July 16, 2010 at 8:11 am #

    Tips bayi: anak saya kan terlahir prematur skrang usianya udh 7 bulan dgn BB 6 kg tapi blm di imunisasi BCG dan DSA nya menganjurkan tes mantoux dulu, dan apakah tes itu perlu yahhh??? dan anak saya kan biasanya periksa mata di RSCM sejak keluar dari inkubator karena aku di kasih rujukan dr DSA untuk periksa mata anak saya, tapi setelah saya periksa mata anak saya beberapa kali menunjukkan hasil yang baik dan Alhamdulillah dokter matapun mendiognosis kl mata anak saya baik2 saja, apakah saya perlu memeriksakan mata anak saya lagi karena kendati anak saya yang terlahir prematur 1.2 kg???
    terima kasih….

  176. gyta July 13, 2010 at 8:04 am #

    terimakasih atas jawabannya .
    tp saya masih penasaran . sejauh ini apakah ada bayi prematur yg beratnya lebih dari 3 kg selain cucu saya ?

  177. marsha July 9, 2010 at 9:39 am #

    saya terlahir prematur kurang dr 7bln,, tp prkembangan tubuh saya sama dg ank2 lain yg trlhir normal, tpi bedanya saya sering sakit,,, pertanyaan saya,, apakah sistem imun bayi prematur beda dengan bayi normal, ataukah lebih lemah?? terimaksh

  178. tipsbayi July 9, 2010 at 7:58 am #

    chendy:

    Terima kasih atas jawaban Anda.. Sangat membantu sekali.. ;-)

  179. tipsbayi July 9, 2010 at 7:49 am #

    celesta:

    Anda jangan terlalu khawatir.., bayi Anda sudah bisa merangkak menunjukan bahwa tidak lama lagi bayi Anda akan mengalami peningkatan kemampuan yang lainnya. Hanya saja memang agak sedikit lambat saja..

    Perbedaan perkembangan kemampuan antara bayi yang lahir cukup usia dengan yang kurang usia kandungannya, hanya beberapa bulan atau tahun saja.. Untuk selanjutnya perkembangannya tidak bisa terlihat perbedaannya.. sama saja.. ;-)

    Anda bisa melatih dengan memberikan rangsangan-rangsangan yang dapat membantu aga bayi Anda lebih termotivasi. Berikan rangsangan secara bertahap, jangan di papah berdiri apabila belum bisa duduk tegak sendiri.. Boleh juga Anda melakukan pijitan-pijitan ringan pada bagian tubuhnya..

  180. tipsbayi July 9, 2010 at 7:33 am #

    gyta:

    Memang biasanya apabila bayi lahir tidak cukup umur beratnya akan kurang. Akan tetapi bisa saja terjadi seperti yang terjadi pada cucu Anda, pertumbuhan janin cucu Anda cukup pesat bisa karena berbagai hal termasuk bisa juga karena keturunan.. ;-)

  181. tipsbayi July 8, 2010 at 4:51 am #

    ifa:

    Mohon maaf pertanyaan Anda keselip.. ;-)

    Penelitian membuktikan, ASI adalah makanan paling tepat untuk bayi, termasuk bayi prematur. Jadi, bukan susu formula! Bahkan, susu formula yang difortifikasi atau diperkaya zat-zat gizi tambahan untuk membantu proses tumbuh-kembang bayi prematur pun, tidak banyak berbeda efeknya dengan susu formula biasa..

  182. chendy July 6, 2010 at 7:46 am #

    Umi :: pengalaman anak saya pda bulan pertama-2bln dia minumnya 30ml/2jam.
    tp setiap bayi kan beda2 yah…klo anak saya sih bgtu bu krn itu suster dr Rumah Sakit yg menyarankan.

    Anna :: saya jg pnya bayi premature yg lahirnya 30mgu dgn BB 1,8kg wkt lahir.
    apnea pd bayi premature mmg biasa terjd tp klo sampe terlambat di tangani bs brbahaya…anak saya sempat 2x apnea tp puji Tuhan bs diatasi dgn baik.Selama di RS anak saya di pakein alarm anti apnea jd biar ketauan klo dia apnea.
    masukkan saya krn mama rawatnya di rumah harus ada penjagaan 24jam utk ngeliat napasnya.semoga bs membantu yah Mama Umi…^_^

    Yohanes :: Anak saya jg sempat turu pd bulan pertama,tp kta DSA nya normal aja,slnya bayi2 premature msh blm bs mengolah makanan yg msk ke tubuh mrka dgn baik.nti pd usia 2bln br BBnya akan naik.Skrg anak saya udh 7bln dan sgt lincah BBnya udh 8kilo.^_^

  183. yohanes July 6, 2010 at 5:45 am #

    saya mempunyai prematur usai 8 bulan dan melalui operasi secar . dirawat RS selama 1 bulan kerena dengan berat lahir 1.6 kg . selama perawatan berat badan tidak malah naik justru cenderung turun menjadi 1.4 kg, nah ini yang menjadi masalah karena dokter bilang bisa pulang kalau berat badannya lebih dari cukup.
    sekarang sudah berusia 4 bulan dan menunjukan tingkat semakin baik saja tiap bulanya .
    yang saya ingin bagikan disini adalah selama umur 0 – 3 bulan jaga kebersihan dan susu bantuan juga asi harus diberikan sebelum sibayi menangis
    DEan jangan lupa kembali ke dokter yang menangani selama proses kelahiran

  184. ana July 5, 2010 at 12:32 am #

    bayi terlahir di usia 7 bulan, beratnya 1,5 dan dia dirawat dirumah sakit selama 2 minggu..karena beratnya biaya saya coba merawat dirumah..sekarang usianya 21 hari..tapi kenpa yach bayi suka lupa nafas..?? apakah itu berbahaya karena apnu yg dialaminya teramatsering dan lama…

  185. umi July 3, 2010 at 5:59 am #

    anakku lahir diusia 29minggu dgn BB 2.2kg.saat ini usianya sudah 1bln dgn BB 2.6kg.apakah itu sudah termasuk normal?
    masalahnya anakku agak kurang mau/sulit minum,padahal selain ASI aku juga memberinya susu formula khusus untuk bayi prematur.
    berapa jumlah takaran susu yang sharusnya aku barikan dan setiap berapa jam sekali normalnya?

  186. celesta June 28, 2010 at 5:39 am #

    Anak saya lahir prematur pd umur hamil minggu ke 32 dgn berat badan 1800 gr. Kesehatan tdk mengalami masalah sama sekali.. di incubator 10 hari, oxygen 3 hari. Skr sdh umur 14 bulan dgn berat 10,8 kg.

    Tapi mengalami masalah di pertumbuhan motorik kasar nya. Sampai sekarang blm bisa duduk sendiri, baru mulai belajar merangkak dgn lutut (sdh bisa rangkak dgn perut). Kalau di pegangin utk berdiri, kaki mau nya jingke, otot keliatan kaku. Pinggang jg blm bisa mantap.

    Apa kondisi spt ini termasuk CP? Skr menjalani fisioterapi seminggu 2x utk melemaskan otot. Kira2 kpn anak saya bisa jalan?

    Thanks.

  187. gyta June 23, 2010 at 12:31 pm #

    cucu saya terlahir setelah 7 bulan dalam kandungan. tetapi berat badannya 3,3 kg.
    apakah itu suatu hal yg jarang terjadi?
    tolong alasannya mengapa bisa demikian .
    terimakasih

  188. tipsbayi June 12, 2010 at 3:00 am #

    wati:

    Karena bayi Anda sudah terbiasa makan bubur instan atau makanan instan. Maka bayi Anda sudah keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

    Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

    1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
    2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
    3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
    4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
    5. Mudah
    6. Hemat

    Nah.. Untuk itu Anda perlu MEMULAI membiasakan kebiasaan memberikan makanan buatan Anda sendiri. Bisa dimulai dengan makanan yang bayi Anda senangi. Misalnya membuat makanan ringan seperti kue-kue atau camilan lainnya..

    Pilihlah menu dengan buah dan sayuran. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi Anda, dianjurkan 5 porsi kecil setia hari (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

    Sekali lagi perlu DIBIASAKAN dengan kebiasaan baru untuk menghilangkan KEBIASAAN sebelumnya.. ;-)

  189. ifa June 11, 2010 at 7:48 am #

    apa benar bayi yang lahir prematur membutuhkan susu tambahan (formula) untuk menambah zat besi? trus yang minum susu tambahan itu ibunya / bayinya
    Apa tidak ada cara lain?

  190. wati June 6, 2010 at 7:38 am #

    Mohon Penjelasan nya ?

  191. wati June 6, 2010 at 7:35 am #

    kenapa bayi saya udah 2 taon kenapa makan nasi dan buah-buahan ga mau makan tapi bayi saya suka makn mie pa penyebabnya

  192. tipsbayi May 28, 2010 at 1:48 pm #

    gustu:

    Jangka waktu kebutuhan bayi Anda berada di ruang NICU tidak bisa disamaratakan dengan bayi prematur seluruhnya. Hal ini perlu observasi mendalam terhadap kondisi bayi yang mungkin berbeda-beda.

    Akan tetapi, biasanya tubuh bayi dinyatakan stabil ketika sudah keluar dari inkubator yang biasanya kemampuan ini dimiliki bayi dengan usia kandungan 34 minggu atau berat badan sekitar 2.000 gram.

    Usahakan berikan saja ASI setiap 2-3 jam atau mengikuti kemauan bayi Anda. Jangan takut ASI habis karena produksi ASI mengikuti prinsip supply and demand sehingga kantung ASI tidak akan pernah kosong.

    Dalam keadaan terpaksa, jika payudara Anda tetap tidak bisa mengeluarkan ASI, maka Anda bisa memberikan susu formula khusus bayi prematur, bukan susu formula biasa. Hal ini untuk menyesuaikan dengan kondisi tubuh bayi Anda yang masih belum sempurna.

    Pemberian susu formula harus dikonsultasikan dengan dokter karena pemberiannya harus berdasarkan observasi yang cermat. Intinya, jangan sembarangan memberikan susu formula kepada bayi Anda karena bisa membahayakan tubuhnya. Biasanya baru di usia koreksi 12 bulan bayi prematur boleh diberikan susu formula biasa..

    Mengenai kondisi sistem pernafasan bayi Anda, hendaknya Anda selalu konsultasikan terus dengan dokter Anda, karena dokter Anda akan melakukan observasi secara teliti..

    Semoga bayi Anda sehat selalu.. ;-)

  193. gustu May 22, 2010 at 4:37 pm #

    Bayi saya lahir tgl 18 mei kemarin, prematur 32 minggu terlahir dg BB 1500 grm. dan sekarang masih di inkubator setelah di cek jantung, paru kata dokter sudah matang, kemudian setelah di cek darahnya di lab katanya ada pembekuan darah 79 yg normalnya 23 dan kemarin sudah di lakukan transfursi darah 3 kali. kemarin juga saya di kasi informasi oleh dokter anak bahwa anak saya kuning karna tidak dapat asi, memang asi istri saya keluarnya sedikit sekali. dan Tadi saya juga dikasi tahu sama dokter anak, katanya anak saya lupa nafas, sehingga mesti di kasi suntikan untuk sarafnya agar tidak lupa bernafas. saya mau tanya berapa lama mesti di inkubator dan mohon penjelasan ttg bayi prematur spt anak saya?

  194. tipsbayi May 10, 2010 at 7:32 am #

    nadya:

    Bayi yang lahir sebelum usia kehamilan 37 minggu disebut sebagai prematur. Bayi tersebut biasanya memiliki berat lahir kurang dari 2500 gram. Akan tetapi meskipun bayi Anda lahir dalam keadaan kurang usia kehamilan tapi berat badannya cukup bagus.. Jadi secara kondisi bayi Anda NORMAL.. Anda jangan khawatir.. ;-)

    Susui terus dengan ASI..

  195. nadya May 8, 2010 at 7:52 am #

    Mba mau tnya,bayi saya lhr d usia 34 minggu dngn brt bdn 3kg dan pnjng 50 cm.apa itu trmasuk prematur?tk

  196. tipsbayi May 6, 2010 at 4:37 am #

    dwidhy:

    Bayi Anda lahir cukup umur.. meskipun beratnya sedikit kurang, akan tetapi bayi Anda tergolong normal.. Berat bayi Anda cukup meskipun belum ideal.. ;-)

    Susui terus bayi Anda dengan ASI..

    Secara umum pertambahan BB dapat dikategorikan dalam hitungan sebagai berikut:

    * Triwulan pertama : 600- 1200 gram per bulan

    * Triwulan kedua : 500-600 gram per bulan

    * Triwulan ketiga : 350-450 gram per bulan

    * Triwulan keempat : 150-250 gram per bulan

    Untuk memastikan apakah bayi Anda masih dalam kategori normal, kurang atau berlebih, Anda dapat mengecek atau membandingkannya melalui kurva Lubchenko yang terdapat pada buku pantau tumbuh-kembang bayi atau KMS (Kartu Menuju Sehat) dari Puskesmas atau Rumah Sakit. Nah, berdasarkan kurva tersebut, parameter untuk mengetahui pertumbuhan bayi tidak hanya dilihat dari pertambahan BB, tapi juga tinggi badan dan ukuran lingkar kepala.. ;-)

  197. dwidhy May 4, 2010 at 2:49 am #

    bayi saya lahir dgn bobot 2,3 kg..
    usia kandungan pas 9 bulan saat melahirkan..
    Di usia genap 2 bln bobotnya 4,1 kg
    apakah bayi saya termasuk prematur dan normalkah pertumbuhannya itu..?

  198. tipsbayi April 29, 2010 at 3:01 am #

    Sri Wiyati:

    Bayi akan dikeluarkan dari inkubator apabila tubuh bayi dinyatakan stabil biasanya apabila bayi sudah mempunyai kemampuan seperti yang dimiliki bayi dengan usia kandungan 34 minggu atau berat badan sekitar 2.000 gram.

    Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok..

    Jadi Anda jangan terlalu khawatir. Hal yang paling penting adalah terus semangat dan bersyukur atas setiap langkah dan perkembangan bayi Anda.

    Pertahankan terus pemberian ASI, kami anjurkan agar Anda konsultasi dengan dokter secara berkala..

    Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan kok.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal.. ;-)

  199. Sri Wiyati April 28, 2010 at 4:49 am #

    Anak saya lahir premature 7 bln,berat 1.5 kg diinkubator 20 hari , waktu itu beratnya malah tinggal 1.25kg trus dibawa pulang kerumah, diberi ASI hinggan sekarang 13 bulan, tapi anak saya sering sakit dan diusianya 13 bulan belum merangkak. fisiknya tampak lemas. ubun ubunya belum rapat. APakah anak saya memiliki kelainan? bagaimana solusinya? Terimakasih.

  200. tipsbayi April 23, 2010 at 1:04 am #

    nenny:

    Berat badannya sudah bagus.. Bahkan sudah bagus seperti BB yang lahir normal.. :-)

    Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok..

    Jadi Anda jangan terlalu khawatir. Hal yang paling penting adalah terus semangat dan bersyukur atas setiap langkah dan perkembangan bayi Anda.

    Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan kok.. nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal.. ;-)

  201. nenny April 22, 2010 at 2:12 am #

    Saya mempnyai anak yg lhir dengan keadaan prematur dg BB 2.3kg drwat diingkubator slama 1 minggu, skr usianya 3bln dgn brat bdan 5kg, apakah itu sdah ideal tp smpai skr AURA (nama anak saya)blm bs miring sndiri, kira2 diusia berapa dia bs miring sndiri ??

  202. tipsbayi April 19, 2010 at 4:57 am #

    Dian Restia:

    Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan kok.. Nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal.. ;-)

    Karena bayi Anda terlahir prematur, BB bayi Anda segitu NORMAL meskipun tergolong kecil di usianya, tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur.

    Bahkan perkembangan kemampuan bayi Anda sudah memperlihatkan bagus..
    Bayi prematur itu TIDAK berindikasi dengan autis, masalah penglihatan, dan pendengaran.. Anda jangan terlalu khawatir ;-)

  203. Dian Restia April 15, 2010 at 8:18 am #

    Saya mempunyai anak lahir dengan keadaan prematur dgn BB 1.2 kg, pernah dirawat di inkubator selama 13 hari, sekarang usianya sudah 4.5 bulan dgn BB 4.7 kg apakah itu sudah ideal utk bayi prematur, sekarang vanest (nama anak saya) sudah bisa miring dan bahkan sudah beberapa kali bisa tengkurap. kira2 usia berapakah saya dapat mengejar berat badan seperti anak normal pada umumnya, dan apakah anak prematur itu berindikasi dengan autis, masalah penglihatan, dan pendengaran??

  204. tipsbayi April 8, 2010 at 4:44 am #

    cindy:

    Pup setiap 2 hari sekali, selama bayi Anda tidak rewel dan terlihat perkembangan BB-nya baik itu tidak masalah.. Pemberial sufor terlalu kentalpun memicu BAB keras juga.. ;-)

    Pola BAB bayi Anda belum tetap. Bisa sering atau jarang.. Seiring dengan bertambah usianya maka pola BAB bayi Anda akan terbentuk hingga jadwalnya akan terlihat..

  205. tipsbayi April 8, 2010 at 4:36 am #

    mama Ihsan:

    Untuk memaksimalkan perkembangan Ihsan yaitu dengan telaten memberikan selalu rangsangan.. selain fisioterapi. Anda harus rajin melatih otot-otot tubuh Ihsan sehingga kemampuan motorik kasarnya diharapkan berkembang optimal..

    Anda juga harus membiarkan Ihsan bergerak bebas sebatas tidak membahayakan dirinya. Dengan upaya ini, Ihsan Insya Allah akan semakin terpicu untuk melatih semua tahap perkembangan motor kasarnya.. ;-)

    Semoga Ihsan tumbuh sehat..

  206. cindy April 7, 2010 at 5:45 am #

    ASI saya udh ga keluar lg…
    Jd dgn sgt terpksa hrs di berikan sufor.
    Gmn yah biar pupnya ga keras?
    Tp itu ga pa2 kan?

  207. mama Ihsan April 7, 2010 at 4:05 am #

    Hi.. tips bayi….!

    Mo nanya nech bayiku terlahir prematur 7 bulan, sekarang usia bayiku 18 bulan.. badannya sekarang 9 kg, tapi belum bisa apa2x untuk menggenggam sesuatu saja dia sangat kaku.. apalagi untuk duduk dan berdiri dia belum bisa..! 1 bulan sekali ke dokter anak untuk ngecek dan fisioterapi dan dokter bilang ada keterlambatan motorik… tolong apa yg harus di lakukan lagi untuk memaksimalkan pertumbuhan anak saya.. thanks..!

  208. tipsbayi April 7, 2010 at 1:59 am #

    cindy:

    ASI-nya sudah keluar belum..? Sebaiknya dikasih ASI saja biar tidak keras pup-nya.. Itu salah satu pengaruh dari sufor.. Mudah-mudahan Anda segera bisa memberikan ASI pada bayi Anda.. ;-)

  209. cindy April 6, 2010 at 3:04 am #

    Hy tips bayi…
    Aku mo nanya nih kan anakku skrg minum sufor yg khusus bayi premature,trrus pupnya ska keras ksian deh ngeliatnya klo dy mo pup ska nangis krn keras.
    Trus pupnya ga tiap hri,tp 2hri sekali.
    Knpa yah pupnya bs keras?Tp kerasnya diawal-awal aja.
    Tlg Infonya yah…
    Ma ksh…

  210. tipsbayi March 16, 2010 at 4:11 am #

    vivin:

    Anda jangan terlalu khawatir, perbedaan perkembangan bayi yang lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan kok.. nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal, ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama..

    Bayi Anda pada usia 9-12 bulan, penambahan BBnya tidak akan terlalu mencolok sekitar 150–250 gram per bulannya, itu NORMAL..

    Ketika memasuki usia satu tahun, umumnya penambahan berat badan bayi mulai melambat lagi. Namun, bukan berarti terjadi penurunan. Beratnya tetap meningkat, hanya saja perlahan-lahan atau tidak sepesat sebelumnya. Yang jelas, Anda tidak perlu kaget atau khawatir. Itu artinya normal-normal saja sejauh bayi Anda sehat, yaitu memperlihatkan perkembangan secara bertahap, makan dan minum susunya masih mau serta tidak rewel..

    Agar berat badan bayi Anda tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang seimbang. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang cukup. Teruslah berikan ASI.. tidak ada sufor yang bisa menandingi kandungan ASI.. :-)

    Anda atau yang disekeliling bayi Anda harus membantu untuk memberikan ransangan dalam perkembangannya. Bersenang-senanglah membantu bayi Anda membentuk kemampuan fisik, emosional, intelektual, dan berbahasa. Ajaklah berbicara dan bermain. Dengan begini bayi Anda akan banyak meniru.. ;-)

  211. vivin March 14, 2010 at 11:19 am #

    tips bayi aku mo tau lebih banyak tentang bayi prematur. anakku prematur 7 bulan berat lahir 1.6 kg sekarang umurnya sudah 10. tapi kemarin aku ada masalah dengan berat badan si kecil karena dah tiga bulan ini naiknya cuma 2-3 ons tiap bulan, aku baru sadar mungkin karena aku terlalu berlaku istimewa pada bayiku sehingga takut dalam memberi makan, Sufor n terlalu over protective. seharusnya bagaimana aku memperlakukan bayiku, aku jadi bingung. bagaimana cara menstimulasi bayiku yang udah 10 bulan ini. tolong jawabannya.

  212. tipsbayi March 11, 2010 at 4:26 am #

    Cindy:

    Gejala flu hampir sama dengan orang dewasa, flu pada bayi biasanya disertai dengan gejala-gejala seperti bersin, hidung tersumbat, ingusan, dan batuk. Maka biasanya bayi akan rewel. Normalnya, flu yang menyerang anak biasanya akan berlangsung selama lima hingga enam hari..

    Belekan, mata berair dan banyak mengeluarkan kotoran mata. Kondisi ini biasa dialami bayi. Beragam penyebabnya, antara lain:

    * Infeksi jalan lahir. Biasanya, infeksi jalan lahir didapat bayi ketika proses persalinan berlangsung. Dokter biasanya memberikan obat yang sesuai dengan penyebab infeksinya.

    * Adanya sumbatan pada saluran air mata bayi. Kondisi ini akan menghambat aliran air mata bayi ke rongga hidung, sehingga mata bayi pun berair terus-menerus. Nah, genangan air inilah yang bisa mengundang kuman penyebab infeksi.

    Jika masih normal, artinya hanya sedikit belek pada mata bayi di pagi hari dan tidak sampai mengganggu (membuat mata bayi lengket), maka Anda tidak perlu khawatir. Bersihkan saja matanya menggunakan kapas dan air hangat. Arahnya dari bagian dalam ke arah luar mata.

    Segera bawa ke dokter, jika belekan lebih dari tiga hari. Sebelumnya, perhatikan apakah bagian putih matanya merah atau tidak. Sampaikan hal ini ke dokter ketika berkonsultasi.. ;-)

  213. Cindy March 8, 2010 at 6:04 am #

    ma ksh byk buat informasinya…
    eh iya monanya jg nih…
    gejala bayi kena influenza apa yah?
    tru knpa yah anak saya ska belekan ‘n berair matanya?
    tp cm yg sblh kiri
    br 2hri ini sih…
    apa dy skt mata?

  214. tipsbayi March 6, 2010 at 3:57 am #

    mama devan n najwa:

    Jangka waktu kebutuhan bayi Anda berada di ruang NICU tidak bisa disamaratakan dengan bayi prematur seluruhnya. Hal ini perlu observasi mendalam terhadap kondisi bayi yang mungkin berbeda-beda.

    Akan tetapi, biasanya tubuh bayi dinyatakan stabil ketika sudah keluar dari inkubator yang biasanya kemampuan ini dimiliki bayi dengan usia kandungan 34 minggu atau berat badan sekitar 2.000 gram.

    Usahakan berikan saja ASI setiap 2-3 jam atau mengikuti kemauan bayi Anda. Jangan takut ASI habis karena produksi ASI mengikuti prinsip supply and demand sehingga kantung ASI tidak akan pernah kosong.

    Dalam keadaan terpaksa, jika payudara Anda tetap tidak bisa mengeluarkan ASI, maka Anda bisa memberikan susu formula khusus bayi prematur, bukan susu formula biasa. Hal ini untuk menyesuaikan dengan kondisi tubuh bayi Anda yang masih belum sempurna.

    Pemberian susu formula harus dikonsultasikan dengan dokter karena pemberiannya harus berdasarkan observasi yang cermat. Intinya, jangan sembarangan memberikan susu formula kepada bayi Anda karena bisa membahayakan tubuhnya. Biasanya baru di usia koreksi 12 bulan bayi prematur boleh diberikan susu formula biasa..

    Mengenai penurunan BB bayi Anda hendaknya Anda konsultasikan terus dengan dokter Anda, karena dokter Anda akan melakukan observasi secara teliti..

    Semoga bayi Anda sehat selalu.. ;-)

  215. tipsbayi March 6, 2010 at 3:35 am #

    yuni:

    Anda jangan terlalu khawatir, perbedaan perkembangan bayi yang lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan kok.. nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal, ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok..

    Dan.. Bayi memang unik.., karena tidak satu bayi pun yang akan sama dengan bayi Anda, begitupun dalam hal kemampuan dan belajar. Dia akan belajar dengan langkahnya sendiri. Dia juga mempunyai kesukaan dan ketidaksukaannya sendiri. Intinya, ia mempunyai kepribadian yang dimiliki olehnya saja..

    Akan tetapi Anda atau yang disekeliling bayi Anda harus membantu untuk memberikan ransangan dalam perkembangannya. Bersenang-senanglah membantu bayi Anda membentuk kemampuan fisik, emosional, intelektual, dan berbahasa. Semuanya memerlukan keterlibatan orang sekitar, ajaklah selalu bayi Anda bermain dan berbicara. Dengan begini bayi Anda akan banyak meniru.. ;-)

  216. tipsbayi March 6, 2010 at 3:10 am #

    Cindy:

    Air putih.. Memang benar biasanya bayi suka sekali air putih, tetapi terlalu banyak air putih dapat menganggu keseimbangan cairan dalam tubuh bayi. Susu (terutamaASI) merupakan cairan yang terbaik untuk tetap menjaga bayi terutama yang belum mendapat makanan padat dari ancaman dehidrasi..

    Bahkan untuk bayi dibawah 6 bulan jangan dberi minum air putih, meskipun nantinya anak Anda sudah 7 bulan ada baiknya bayi Anda jangan diberi terlalu banyak air putih dulu, cukup diberikan untuk mendorong makanan saja, perbanyaklah ASI atau sufor.. ;-)

  217. mama devan n najwa March 4, 2010 at 1:13 pm #

    tips bayi tanya dong.: anak aku lahir 28 mg bb 950 gr perempuan, sampai brapa lama di inkubator?, trus knapa ya setelah 1 bulan ko bb aga trun ,sebelumnya lumayan naik siklusnya gmana ?,asi . boleh di kasih su2 formula ga ?thnk

  218. yuni March 4, 2010 at 11:15 am #

    wahhh, informasinya bikin aku lebih siap dalam merawat si kecil. oya, tipsbayi apakah bayi prematur akan mengalami keterlambatan dalam hal, bicara, merangkak, duduk dan berjalan? kira-kira usia berapa dia bisa bicara, merangkak, atau berjalan. tanks bgt

  219. Cindy March 4, 2010 at 7:25 am #

    ma kasih yah buat jawabannya…
    sya udh konsultasikan kok ama DSA nya dan DSA nya blg dy udh blh naik pesawat.
    mo tnya jg nih…
    bs ga sih bayi di berikan air putih?

  220. tipsbayi March 4, 2010 at 3:50 am #

    Frida:

    Perkembangan ke 2 bayi Anda termasuk NORMAL. Apakah sekarang ASI Anda masih keluar? Kalau masih.. Kami sarankan Anda berikan ASI..

    Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

    1. Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
    2. Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
    3. Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
    4. Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
    5. Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

    Jika setiap kali Anda mencoba menyuapkan makanan kepada si kecil dan lidahnya terus mendorong makanan tersebut keluar, berarti dia belum siap diberi MPASI. Kalau begitu, jangan dipaksa… ;-)

  221. tipsbayi March 4, 2010 at 3:34 am #

    Cindy:

    Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan kok.. Nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal.. ;-)

    Karena bayi Anda terlahir prematur, BB bayi Anda segitu NORMAL meskipun tergolong kecil di usianya, tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur.

    Kebutuhan dan porsi minum atau makan bayi berbeda. Akan tetapi sebagai perkiraan rata-rata, Anda bisa berikan bayi Anda 4x 120 ml susu dalam sehari. Atau bisa juga lebih. Intinya berikan ASI atau sufor bagaimana permintaan bayi Anda. Karena beda aktifitas beda juga kebutuhannya..

    Bila bayi Anda sehat boleh-boleh saja, seorang bayi boleh dan aman diajak bepergian sejak usia 2 minggu (tentunya dengan persiapan matang), beberapa ahli menyatakan usia aman untuk bayi bepergian adalah di atas 2 bulan tapi karena di usia 2 minggu hampir semua organ tubuh bayi sudah terbentuk dengan baik, termasuk saluran tube eustachius, kematangan saluran yang menghubungkan hidung dan telinga ini sangat dibutuhkan bayi untuk beradaptasi menghadapi perubahan tekanan udara (terutama kala bepergian dengan pesawat). Karena jika belum matang, perubahan tekanan udara di pesawat bisa merusak indera pendengarannya.

    Argumen lain, beberapa kelainan kongenital, seperti kelainan jantung atau paru-paru, sudah bisa dideteksi setelah bayi berusia dua minggu. Dengan demikian, dokter bisa memberikan penanganan yang tepat. Dengan beberapa persiapan dan ditunjang kondisi fisik bayi yang sehat.

    Maka meskipun bayi Anda lahir prematur, bayi Anda sudah berusia 2,5 bulan dan dalam keadaan sehat, maka boleh saja Anda bawa pulang ke menado menggunakan pesawat.. ;-)

    Namun tak ada salahnya juga jika Anda melakukan konsultasi dengan dokter dan cek keadaan bayi Anda secara keseluruhan sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan dengan pesawat.

  222. tipsbayi March 4, 2010 at 3:06 am #

    yuni:

    Wah keselip.. Mohon maaf baru dijawab..

    Untuk pemberian vitamin boleh saja akan tetapi sebaiknya Anda konsultasikan dan periksakan dahulu dengan DSA atau ahli gizi, karena setiap bayi akan berbeda kebutuhan jenis vitamin yang diperlukannya..

    Meskipun boleh memberi vitamin sebagai penambah nafsu makan, tetap harus dicari penyebabnya, kenapa bayi tidak senang makan? Karena anak, apalagi bayi, sulit makan bisa karena berbagai penyebab..

    Apabila ASI masih disukai, Anda jangan terlalu khawatir karena makanan pokoknya masih ASI.. Untuk pengganti MPASI-nya Anda bisa mencari makanan ringan alternatif yang bayi Anda sukai, misalnya biskuit.. ;-)

  223. Frida February 26, 2010 at 9:45 am #

    Sy melahirkan bayi kembar dgn prematur dng bb 1,6 kg laki2 dan 1,5 kg perempuan.waktu melahirkan usia kandungan saya 8 bln.saat ini usia mereka 48 hari dgn bb 2,5 kg laki2 dan 2,2 kg perempuan.saya memberikn asi plus susu formula bblr.yg mo sy tnykan normalkah pertumbuhan bb k2 bayi sy?bolehkah sy mengganti susu formula mereka saat bb mrka sudah mencapai 3kg?kpan sy boleh mbri makanan pendamping kpd mrka?

  224. Cindy February 23, 2010 at 10:58 am #

    mo numpang tanya jg nih…
    saya jg bln dcmbr thn lalu br saja melahirkan bayi premature BB 1,8kilo dgn usia kandungan 30mgu,penyebabnya krn saya kecapean dan udh pendarahan.
    dy smpat 40hri di inkubator krn 2x mengalami apnea dan perutnya suka kembung ga bs minum banyak dan pd hri ke 42 darren(nama anak saya) udh bs di bwa pulang.
    dan puji Tuhan pas drmh semua berjalan dgn baik perutnya udh ga prnh kembung lg dan minumnya udh byk.
    yg mo saya tanya nih berapa ml sih per hari anak saya hrs minum susu?krn skrg dy minum susu formula+asi (slnya asi saya dikit) takutnya kebanyakkan krn si darren kuat bgt minumnya skrg dy udah 2bln 2mgu dan BB nya udh 3kilo.
    Normal ga sih BBnya sama usia nya skrg?
    trus saya kan ada rncna mo pulang ke menado,kira2 pd usia brp bulan yah seorg bayi premature bs naik pesawat?
    mohon jawabannya yah tips bayi…
    ^_^

  225. yuni February 6, 2010 at 2:33 am #

    tips bayi, aku mo tanya nich, anakku kok makannya susah bgt sich, kira-kira vitamin apa ya yang bisa membuat dia suka makan? bahaya ga? anakku sekarang minum ASi aja terkadang makan tapi porsinya sedikit bgt.

  226. tipsbayi January 27, 2010 at 4:33 am #

    yuni:

    Ubun-ubun baru mulai mengeras di usia 9 bulan dan menutup sempurna pada usia 18 bulan. Karena itu bentuk kepala bayi Anda masih akan terus berubah. Hal ini karena sambungan antar tulang-tulang tengkorak yang terdiri dari tulang rawan belum mengeras, yang akan mengeras seiring dengan menutupnya ubun-ubun bayi Anda nanti.. ;-)

  227. yuni January 25, 2010 at 10:56 am #

    o ya, tips bayi, aku mo tanya nich, bayiku dah umur 8 bulan tapi, kok ubun-ubunnya masih belum keras ya, aku jadi kawatir. kira-kira sampai usia berapa ya ubun-ubun bisa menutup sempurna, soalnya anak sebaya dia udah keras semua lo! mohon jawaban secepatnya ya .

  228. tipsbayi January 22, 2010 at 7:52 am #

    Alin:

    Hal pertama yang harus dilakukan ketika saat persalinan tiba baik vaginal atau sectio caersar adalah : Berdo’a dan t e n a n g. Mengapa ? karena persalinan merupakan proses fisiologis yang terjadi hampir kepada setiap wanita. Panik, gugup merupakan hal yang bisa menimbulkan masalah baru. Untuk masalah teknis ikuti petunjuk dokter Anda.. Usahakan suami Anda ada selalu mendampingi Anda.. Semoga persalinannya lancar :-)

    Itulah sebagian hal-hal yang sebaiknya ddipersiapkan saat menghadapi persalinan. Mudah-mudahan pada kesempatan lain akan kami lengkapi..

    tika:

    Wah.. Alhahamdulillah bayi Anda tumbuh sehat. Usia anak 3 tahun makanannya sudah relatif sama dengan orang dewasa hanya berbeda dalam porsi saja, jadi usahakan anak Anda belajar untuk makan sendiri dengan cara makan bersama beserta Anda dan keluarga, agar tercipta juga kemandirian pada anak Anda. Buatlah suasana makan yang menyenangkan, berilah contoh pola makan yang baik pada anak Anda, ingat.. Anda adalah model buat anak Anda. Karena anak Akan sangat meniru kebiasaan orang tua. Lama-lama pola makan anak Anda akan ikut pola makan Anda. Secara bertahap permintaan susunya akan berkurang dengan sendirinya.. ;-)

  229. tika January 19, 2010 at 7:05 am #

    anakku lahir di usia kandunganku 29mggu, lahir dgn BB 1100gr diinkubator 2bln. Alhamdulillah perkembangannya sangat cepat dan pinter lagi hehehehe. Skrg sudah berusia 3th dgn BB 16 kg :D
    kalau makan ga seberapa bnyk, minum susu-nya banyak skali…
    gimana ya caranya biar makan ma minum susu nya seimbang, Thx buat tipsbayi

  230. tipsbayi January 19, 2010 at 1:50 am #

    Eka Fatma:

    Maaf telat.. ada sedikit gangguan teknis.. :-)

    Beratnya memang belum ideal.. Akan tetapi Anda jangan terlalu khawatir, perbedaan perkembangan bayi yang lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan kok.. nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal, ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok..

    Jadi Anda jangan terlalu khawatir. Hal yang paling penting adalah terus semangat dan bersyukur atas setiap langkah dan perkembangan bayi Anda.

    Kalau bisa usahakan Anda berikan ASI, ASI itu kan tergantung dengan mindset kita. Kalo di pikiran Anda ditanamkan pesan bahwa “ASI saya pasti cukup buat bayi saya!”, itulah yg akan terjadi.. sebaliknya dalam benak kita terus menerus ada kekuatiran, “Duh, ASI saya sedikit banget, kayanya ngga cukup deh..” ya itu pula yg akan terjadi.. ;-)

    ASI itu hukumnya supply dan demand. semakin banyak disusui dan dipompa akan
    semakin banyak berproduksi..

  231. tipsbayi January 19, 2010 at 1:22 am #

    dwi:

    Berikan selalu bayi Anda makan makanan dengan gizi seimbang. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.

    Perbanyak menu makanan yang mengandung serat. Pilihlah menu dengan buah dan sayuran. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan 5 porsi kecil (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

    Sebaliknya KURANGI makanan yang kadar gula serta lemaknya tinggi, makanan instan siap saji..

    Tetapkan jadwal makan yang tetap TIDAK BERLEBIH, tingkatkan kekerasan dan porsi makan sesuai dengan perkembangan usianya. Pertahankan pemberian ASI sampai bayi Anda berusia 2 atau 2,5 tahun..

    Tidak kalah pentingnya.. Anak cenderung meniru orang tua. Karenanya, orang tua harus menunjukkan pola makan sehat pada anak, niscaya anak akan mengikutinya.. ;-)

  232. Eka Fatma January 18, 2010 at 4:49 am #

    TIps bayi…Koq pertanyaan sy belum ada balasannya…

  233. yuni January 14, 2010 at 6:12 am #

    makasih, tipsbayi selalu memberi inspirasi buat aku dalam merawat anak ku, oya sekarang anakku sudah tumbuh giginya lo, padahal anak yang lahir normal seusia dia belum ada yang tumbuh giginya lo.

  234. tipsbayi January 13, 2010 at 7:54 am #

    yuni:

    Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok..

    Jadi Anda jangan terlalu khawatir. Hal yang paling penting adalah terus semangat dan bersyukur atas setiap langkah dan perkembangan bayi Anda.

    Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan kok.. nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal.. ;-)

  235. Eka Fatma January 12, 2010 at 4:27 am #

    Dear Tips bayi,..
    Anakku lahir 7 bulan dg BB 1,5 kg. Besok usianya (13 januari) tepat 4 bulan, dan BB nya saat ini 4,3 kg. Apakah dg usia 4 bulan BB nya itu termasuk normal atau kurang? Gimana caranya agar BB nya cpt bertambah? Saat ini sy sdh memberinya susu formula khusus BBLR, krn ASI saya kurang banyak keluarnya.Dan apakah prkmbangan bayi prematur lebih lambat drpd bayi yg lahir normal lainnya? Trims…

  236. alyn January 9, 2010 at 11:54 am #

    tipsbayi, dikarenakan kondisi kehamilan dengan miom bayiku akan dilahirkan secara sectio pas 7 bulan. apa yang kira2 harus saya persiapkan ya?

  237. dwi January 6, 2010 at 9:41 am #

    anakku lahir di usia 29 minggu, BB 2300 gr, bulan pertama agak susah naiknya, bulan kedua aku ganti susu formula BB-nya naik hampir 1000 gr per bulan, sekarang usia 20 bulan beratnya 19,5 kg, gedhe banget, kegemukan ya? Gimana caranya diet untuk bayi?

  238. yuni December 24, 2009 at 11:34 am #

    tipsbayi, aku yang punya bayi yang lahir 28 minggu dengan berat 1.600 g nich, aku mau tahu tentang perkembangan bayi prematur, apakah sama dengan bayi normal. soalnya aku ga mau anakku ga bisa mengejar ketinggalannya, makanya aku selalu menstimulasi di setiap tahap perkembangan dia

  239. tipsbayi December 23, 2009 at 3:06 am #

    lia:

    Berat badannya naik setiap bulan 800-900 gr itu bagus.. yang paling penting diperhatiakan adalah nutrisi dan pemberian ASI yang cukup.
    Pokoknya bayi Anda harus banyak minum ASI, agar daya tahan tubuhnya lebih kuat, usahain minum ASI sampai bayi Anda berusia 2 atau 2,5 tahun.. ;-)

    Jangan terlalu khawatir tentang perkembangan anak yang lahir prematur… Insya Allah kalau kita telaten dia bisa sama kok dengan bayi yang lahir cukup bulan. Bahkan apabila sudah dewasa tidak akan bisa dibedakan dengan anak yang lahir cukup bulan, tidak ada bedanya.. hanya beberapa bulan saja..

  240. lia December 21, 2009 at 4:42 am #

    mm,,,anak saya lhr 33 mgg,,bb wkt lhr siy 2,2 kg,,tp krn dia asi jd bbny pun g naik drastis y,,tp selalu naik stp blnny 800-900gr..kt dsanya,,prkmbgn anak saya itu saat ini sm spt anak yg usianya 1 bln dibwh dia,,jd klo skrg ank sy usiany 4,5 bln berarti prkbgn otakny dll itu br 3,5 bln,,apa bnr bgtu ??lalu ap prkbgn otak anak lhr prematur itu tdk spt ank yg lhr normal??

  241. tipsbayi December 5, 2009 at 3:44 am #

    ayu:

    Meskipun beratnya kurang, yang jelas tidak rewel dan sakit-sakitan kan? Apalagi nafsu makan dan menyusunya masih kuat.. Anda jangan terlalu khawatir, bayi Anda NORMAL kok..

    Agar berat badan bayi Anda tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang seimbang. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang cukup. Berikan sesuai dengan jadwal makan yang teratur..

    Penting bagi Anda untuk memfariasikan menu makan bayi Anda. .. ;-)

  242. ayu December 2, 2009 at 2:27 am #

    Saya mempunyai 2 anak yg semuanya terlahir prematur karena saya PEB. Yg pertama laki-laki usianya 4 th perkembangannya bagus skrg dia udah hapal huruf dan bisa berhitung. Yg kedua perempuan usianya 1.5 udah bisa nyanyi dan lincah ga bisa diem. Hanya saja berat badan anak yg kedua rada krg hanya 9 kg, padahal makannya apa aja masuk. Yang mnjadi pertanyaan gimana crnya meningkatkan berat badan dan apakah perkembangannya normal ?

  243. tipsbayi November 20, 2009 at 2:39 am #

    yuni:

    Wah.. bayi mungil yang lincah dan sehat, sudah mulai makan ya..? ;-)

  244. yuni November 19, 2009 at 4:49 am #

    anakku lahir 28 minggu dengan berat 1.600 g sekarang umurnya 6 bulan dengan BB 6 kg aku melihat dia perkembangannya lebih cepet dari anak normal sebayanya. sekarang dia sudah tengkurap, mengenal ayah ibu, trus bisa pegang-pegang mainan. mencari sumber suara.

  245. tipsbayi January 29, 2009 at 3:49 am #

    Care:
    Tingkah laku kekanak-kanakan adalah karekter Anda yang banyak di pengaruhi oleh lingkngan dan keturunan.., jadi tidak ada pengaruh karena lahir prematur :)

  246. care.. January 25, 2009 at 12:51 pm #

    kata mama, aq t’lahir prematur…
    tapi AL-hamdulillah perkembngan otak, normal-normal aja… bahkan anak2 normal laen kalah tu (cieee.. ge-er dikit… tapi benner lho…)
    cuma tingkah laku aja yang agak ke knak-kanakan.. kta orang cih,,,
    apa pengaruh ya??? bayi prematur tingkah nya bisa kekanak-kanakan??
    tapi lumayan babi face hahaha

  247. mayang November 29, 2008 at 7:21 am #

    saya dilahirkan ketika saya berumur 7 bulan dalam kandungan,prematur katanya,tapi alhamdulillah saya sehat,walaupun minus mata saya tinggi.di usia 24 th ini minus 4.
    konon ceritanya,ibu saya nekat menyusui saya ASI walaupun saya masih harus berada di inkubator,ternyata (atau lebih tepatnya,mungkin…)ASI dan dekapan ibu adalah salah satu faktor penyebab saya dapat bertahan hidup di luar inkubator.

Leave a Reply