Perkembangan Bayi 9 Bulan

Memanjat

bayi 9 bulanPada tahap ini, perkembangan motorik yang paling banyak ditemui pada bayi adalah merangkak, mengangkat badan dari posisi duduk hingga berdiri, serta memanjat.

Oleh sebab itu, jika terdapat tangga di rumah Anda, pastikan Anda memasang pengaman seperti pagar pada setiap mulut tangga, karena tempat ini akan menjadi daya tarik yang luar biasa bagi si kecil.

Bayi Anda akan senang dan merasa tertantang untuk memanjat tangga, naik ke atas kasur dan sebagainya untuk mengasah kemampuan memanjatnya ini. Untuk melakukannya, diperlukan koordinasi yang baik antara kaki serta kedua tangan untuk mengangkat tubuhnya. Namun untuk menuruni anak tangga, diperlukan waktu beberapa bulan lagi, karena jauh lebih sulit dibandingkan menaikinya.

Perhatikan Keamanan Rumah Anda

bayi 9 bulan bermainPada tahap ini, Anda harus lebih hati-hati lagi dalam menata rumah Anda, karena bayi Anda akan mencoba memanjat ke atas berbagai perabotan rumah Anda. Jika Anda menidurkannya di ranjang bayi, maka pastikan dia tidak bisa memanjat keluar ranjangnya, karena ia belum memiliki kemampuan yang cukup untuk itu.

Pastikan pula dapur Anda aman untuk bayi Anda, karena ini merupakan tempat yang sangat menarik baginya untuk bereksplorasi. Berkaitan dengan dapur, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  1. Kunci oven Anda. Bayi yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, bisa saja membukanya dan bermain-main dengannya
  2. Hindari memasak sambil menggendong bayi Anda
  3. Jangan biarkan panci atau wajan berada di atas kompor dengan gagang/pegangan mengarah ke luar. Bayi Anda bisa menariknya ketika Anda lengah
  4. Kunci setiap lemari yang terjangkau olehnya, terutama yang berisi barang-barang yang bisa membahayakannya, seperti deterjen, kantung plastik, pecah belah, dan sebagainya

Sebaliknya, untuk membantu dan mendukung proses eksplorasi bayi Anda, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Sediakan 1 lemari khusus di dapur atau ruang makan Anda untuk si kecil. Dia akan senang membuka dan menutupnya
  2. Sediakan panci, wajan, gelas dan alat-alat masak yang aman baginya, sehingga ia akan senang bermain dan bereksplorasi dengannya
  3. Sediakan sendok kayu yang dapat digunakannya untuk memukul-mukul panci. Perhatikan bagaimana dia memegang sendok di tangan yang satu dan memukul-mukul panci dengan tangan yang lain

Makanan

Bayi pada usia ini biasanya sudah bisa menentukan makanan apa yang lebih ia sukai dibandingkan makanan lainnya. Anda mungkin akan melihat bayi Anda lahap memakan satu jenis makanan dan menolak jenis makanan yang lain. Terkadang mungkin ia akan bermain dengan makanan yang Anda berikan, atau malah membuangnya ke lantai.

Jika Anda orang tua baru dan bingung dengan keadaan ini, ada bagusnya jika Anda berbagi dengan orang tua lainnya yang sudah lebih berpengalaman, siapa tahu mereka punya tips-tips tertentu yang bisa Anda terapkan…

Satu hal yang perlu Anda perhatikan berkaitan dengan makanan adalah kemandirian bayi Anda. Pada tahap ini, keinginan si kecil untuk melakukan segala sesuatu sendiri semakin meningkat, termasuk dalam hal makan.

Terkadang yang membuat bayi Anda “protes” bukan makanan yang Anda berikan kepadanya, melainkan ketidakpedulian Anda terhadap keinginannya untuk bisa makan sendiri! Nah, sebagai jalan keluarnya, coba Anda berikan sendok bayi yang bisa dipegangnya. Selama Anda menyuapinya, biarkan ia memegang sendok tersebut. Dengan begini, Anda telah mendukung keinginan untuk mandiri pada buah hati Anda…

Alternatif lain adalah dengan memberikan makanan yang aman untuk dipegangnya, yang dikenal dengan finger food. Untuk menghindari bahaya tersedak, sebagai tahap awal Anda bisa memberikan potongan makanan yang sangat kecil dan lunak, yang bisa dengan mudah hancur dalam mulutnya. Biasanya buah atau sayur yang dikukus, cocok untuk ini.

Alasan lain yang bisa menyebabkan bayi Anda susah makan adalah tekstur makanan yang Anda berikan. Oleh karena itu, sebagian ahli menganjurkan untuk mulai beralih ke makanan yang lebih padat, sehingga bayi Anda terbiasa dengan makanan dengan berbagai tekstur dan mulai menyesuaikan untuk mengkonsumsi berbagai macam makanan.

Kecerdasan

  1. Dia sudah memahami konsep dasar berhitung. Sebuah penelitian dilakukan dengan cara menunjukkan flash card kepada beberapa bayi – 2 kali di sebelah kirinya dan 3 kali di sebelah kanannya. Ketika ini dilakukan berulang kali, maka ternyata selanjutnya, setelah flash card ditunjukkan kepada para bayi ini 2 kali di sebelah kiri, mereka akan menengok ke sebelah kanan, mengantisipasi flash card yang akan muncul di sebelah kanan!
  2. Dia mulai mahir meniru ekspresi wajah serta gerak-gerik Anda
  3. Dia semakin memahami, bahwa benda-benda yang tidak nampak oleh penglihatan mereka, bukan berarti benda itu tidak ada. Sebagai contoh, jika Anda menyelubungi sebuah buku dengan kain hingga tertutup seluruhnya, bayi Anda akan menyingkapkan kain tersebut untuk “membuktikan” bahwa buku tersebut ada!
  4. Dia sudah bisa menempatkan setiap benda, suara dan kejadian sesuai dengan kategorinya, berdasarkan pengalamannya selama ini.

Lain-lain

Walaupun bayi Anda sangat aktif bereksplorasi, namun ketahuilah bahwa dia tetap memerlukan Anda di sisinya. Dengan mengetahui bahwa Anda berada di dekatnya, ia akan merasa lebih percaya diri dan ia pun mengetahui bahwa ia bisa meminta bantuan Anda ketika ia memerlukannya.

Anda akan menjadi “pom bensin” baginya untuk “mengisi bensin” dan melanjutkan perjalanan eksplorasinya…

Artikel yang berhubungan:

  1. Perkembangan Bayi 5 Bulan
  2. Perkembangan Bayi 6 Bulan
  3. Perkembangan Bayi 8 Bulan
  4. Perkembangan Bayi 0-4 Bulan
  5. Perkembangan Bayi 7 Bulan

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

292 Responses to Perkembangan Bayi 9 Bulan

  1. fera asmara October 6, 2014 at 7:08 am #

    anak saya airlangga,umur 9 bulan bb 7,9kg.airlangga ini kok.belum bisa makan yg agak kasar,sering dicoba pasti muntah,klo di ganti makanan nya dia.juga muntah.sering airlangga muntah saat mau di kasih makan.normal g ya,dan cara biar dia bisa makan kasar n g muntah?

    • tips-bayi November 10, 2014 at 4:30 pm #

      fera asmara,

      Berikan MPASI sesuai dengan kesiapan dengan tekstur bertahap dirubah sesuai dengan tahapan usia..
      Sepertinya Airlangga bukan muntah tapi memuntahkan.. ;)

      Jika muntah.. Adapun penyebab bayi gumoh atau muntah:

      . Karena Batuk
      Biasanya jika bayi batuknya berdahak, karena bayi belum bisa membuang dahak sendiri maka karena dahaknya itu bayi akan terpancing menjadi gumoh

      .- Tanda Alergi
      Pada umumnya gejala dan tanda yang ditimbulkan akibat alergi susu sapi dibagi atas Reaksi cepat yaitu dalam 45 menit setelah paparan, berupa: erupsi pada kulit, bersin-bersin, batuk, hidung berair, ngorok. Reaksi lambat (terjadi dalam 20 jam) setelah paparan berupa diare, pucat, muntah. Reaksi sangat lambat (setelah 20 jam) berupa diare, gejala gangguan pernafasan..

      . Pemakainan gurita.
      Kalau bayi Anda masih memakainya, coba lepas saja.

      . Posisi menyusui atau makan
      Sering ibu menyusui sambil tiduran dengan posisi miring sementara si bayi tidur telentang. Akibatnya, cairan tersebut tidak masuk ke saluran pencernaan, tapi ke saluran nafas. Bayi pun muntah. Karena itu, kalau menyusui, posisi bayi dimiringkan. Begitu juga ketika memberi makan kepalanya harus lebih tinggi dari kaki sehingga membentuk sudut 45 derajat. Jadi cairan atau makanan yang masuk bisa turun langsung ke bawah..

      . Tersedak

      . Lambung yang penuh juga bisa bikin bayi gumoh. Ini terjadi karena makanan yang terdahulu belum sampai ke usus, sudah diisi makanan lagi. Akibatnya si bayi muntah. Lambung bayi punya kapasitasnya sendiri. Misalnya bayi umur sebulan, ada yang sehari bisa minum 100 cc, tapi ada juga yang 120 cc. Nah, si ibu harus tahu kapasitas bayinya. Jangan karena bayi tetangganya minum 150 cc lantas si ibu memaksakan bayinya juga harus minum 150 cc, padahal kapasitasnya cuma 120. Jelas si bayi muntah… ;)

  2. bunda ghazia June 26, 2014 at 6:45 am #

    Dear tips..
    Bayi sy, ghazia (10m 13d) BBnya hanya 7,1kg dgn panjang 70cm, perempuan, ASI
    Makananya masih bubur saring. Sy sdh mencoba utk memberikan dgn tekstur yg lbh kasar tpi seringkali dilepeh dan berujung pada GTM. Lalu sy coba mengkombinasi dgn separuh saring dn separuh tdk tapi anak sy makanya ttp saja sdkt.
    Sdh mencoba berbagai variasi menu jg.
    Ktika dia berumur 7bln, smpt panas dn stelah itu susah sampai skg susah sekali makan.
    Anak sy skg sdh bisa bdiri dn sdg belajar jalan. Gerakannya sgt aktif.
    Skitar sebulan yll dsa menyarankan utk memberikan tambahan susu formula utk anak sy tpi anak sy menolaknya. Dia terus menyemburkan susunya. Bahkan stelah minum susu, BABnya tdk lancardhl ay membuat susu formula sesuai dgn takaran. Akhirnya krn trua menolak sy tdk memberikannya lagi. Ka
    Slama ini meskipun BB anak sy rendah sy slalu bpikir positif krn melihat dia ttp aktof dn ttp berusr ak sy anak sy mau makan.
    O iya, sy dn suami sy termasuk org yg ‘kecil’
    Yg ingin sy tanyakan, masih normalkh bayi sy? bagaimana tips utk menambah berat badananak sy dan bagaimana caranya agay? nak sy mau naik tekstur?
    Terima kasih, salam…

    • tips-bayi July 12, 2014 at 2:09 am #

      bunda ghazia,

      BB bayi Bunda memang kurang dari ideal Bun.., tapi masih termasuk 75% BB normal bayi indonesia. Kecil belum tentu kurang gizi, Ghazia kecil sepertinya turunan.. ;)
      Ghazia terlihat sehat..

  3. bunda ghazia June 26, 2014 at 6:45 am #

    Dear tips..
    Bayi sy, ghazia (10m 13d) BBnya hanya 7,1kg dgn panjang 70cm, perempuan, ASI
    Makananya masih bubur saring. Sy sdh mencoba utk memberikan dgn tekstur yg lbh kasar tpi seringkali dilepeh dan berujung pada GTM. Lalu sy coba mengkombinasi dgn separuh saring dn separuh tdk tapi anak sy makanya ttp saja sdkt.
    Sdh mencoba berbagai variasi menu jg.
    Ktika dia berumur 7bln, smpt panas dn stelah itu susah sampai skg susah sekali makan.
    Anak sy skg sdh bisa bdiri dn sdg belajar jalan. Gerakannya sgt aktif.
    Skitar sebulan yll dsa menyarankan utk memberikan tambahan susu formula utk anak sy tpi anak sy menolaknya. Dia terus menyemburkan susunya. Bahkan stelah minum susu, BABnya tdk lancardhl ay membuat susu formula sesuai dgn takaran. Akhirnya krn trua menolak sy tdk memberikannya lagi.
    Slama ini meskipun BB anak sy rendah sy slalu bpikir positif krn melihat dia ttp aktof dn ttp berusr ak sy anak sy mau makan.
    O iya, sy dn suami sy termasuk org yg ‘kecil’
    Yg ingin sy tanyakan, masih normalkh bayi sy? bagaimana tips utk menambah berat badananak sy dan bagaimana caranya agay? nak sy mau naik tekstur?

    Terim

    • tips-bayi July 8, 2014 at 7:01 am #

      bunda ghazia,

      Kalau Ghazia masih mendapatkan ASI banyak, Bunda jangan khawatir akan kurang gizi.
      Kombinasi makanan dan variasi menu sudah Bunda lakukan ya.. tapi tetap Ghazia susah makan atau kurang nafsu makan. Rasanya sudah Bunda cicipi..? Jangan-jangan rasanya aneh.. :)
      Coba beberapa trik berikut deh.. ;)

      * Menetapkan jadwal waktu makan dengan teratur.
      * Mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukainya.
      * Juga.. “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.
      * Mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya.
      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan.
      * Memberi contoh – pada bayi Bunda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Bunda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.
      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda.
      * Jika bayi Bunda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari.. ;)

  4. yeyen indriani May 23, 2014 at 3:46 am #

    Dear Tips bayi..
    bisa kasih info atau cara bagaiman menstimulus bayi agar bisa berdiri sndiri tanpa sanggahan/pegangan ? anaks aya sedang belajar melakukan hal itu , sering sekali dia nekat hingga terjatuh..

    • tips-bayi May 30, 2014 at 6:42 am #

      yeyen indriani,

      Bayi Bunda sudah bisa duduk tegak sendiri kan..? Pancing dengan mainan favorit si kecil di atas kepalanya. Ini akan menantangnya untuk menggapai-gapai mainan tersebut dan berusaha menegakkan badannya.

      Jika ia sudah bisa berdiri sendiri tanpa berpegangan, amati apakah sudah bisa mantap berdiri dan berapa lama ia bisa bertahan. Jika sudah bisa berdiri tegap, itu berarti anak sudah siap mendapat stimulasi berjalan. Perhatikan apakah posisi jari kaki anak menekuk atau tidak. Jika menekuk, itu tandanya dia masih perlu stimulasi supaya berani dan terbiasa menahan berat badannya dengan bertumpu pada kedua kakinya.

      Bila jari kakinya tidak menekuk, mulailah mengajaknya untuk mau ditatih (titah). Biarkan kedua tangannya memegangi kedua tangan Anda lalu ajaklah ia melangkahkan kakinya. Bunda juga bisa mengajak mendorong galon yang diisi air sedikit sambil ditahan galonnya oleh Bunda agar jalannya tidak cepat cepat. Dengan begini anak memegang bagian tengah galon maka keseimbangannya akan lebih cepat baik. Atau ajak dorong-dorong kursi plastik kecil.. ;)

  5. siti aishah April 18, 2014 at 4:14 am #

    saya hendak bertanya bayi saya sudah hendak masuk 10 bln tapi tidak merangkak ,kalau mengesot memang laju,tapi dalam pada masa yang sama dia sudah mula memanjat…maksud saya sudah pandai berdiri sendiri dan perlahan lahan bergerak sambil berdiri memegang kusyen(melata-lata) adakah ia normal…kalau bab makan semua makanan dia sudah makan setakat ni alhamdulillah tiada masalah …

    • tips-bayi April 28, 2014 at 4:45 am #

      siti aishah,

      Ngesot NORMAL saja Bun.. Merangkak merupakan transisi antara duduk dan berdiri ini, tidak harus ada pada setiap bayi. Ia bukan milestone atau tonggak penting perkembangan, seperti halnya duduk ataupun berdiri yang memang harus ada.

      Bunda bisa mencoba tips sederhana untuk mengajari bayi Bunda jalan.. Ajarkan bayi Bunda berjalan dengan mendorong kursi plastik kecil atau galon air mineral besar.. Dengan begini maka bayi Bunda akan lebih termotifasi untuk cepat belajar jalan.. Akan tetapi HARUS selalu Bunda dampingi.. ;)

    • mama Almira May 4, 2014 at 1:18 pm #

      Putri saya 9,5bl BB 7,8kg bulan kemarin, anaknya aktif sudah tumbuh gigi 2 diatas 2 dibawah,merangkak mulai berdiri sendiri sambil tepuk tangan, y mo saya tykan :
      1. apa perkembangan bayi tidak baik klu pakai baby walker?
      2. makannya sulit sudah saya coba berbagai cara dg jalan2 or menu y berbeda gimana?
      3. apa tidak boleh MPASI ditambah gula garam?klu santan sebaiknya dikenalkan mulai umur berapa pak/ibu?(karena kakaknya tdk bisa santan mesti diare waktu umur 7bln dl)

  6. hima March 22, 2014 at 2:21 pm #

    mau nanya baby saya usia 9 bulan berat 7,1 kg , kondisi untuk duduk sendiri lum bisa.tapi kalo didudukkan dia bisa…untuk makan dia nafsu tinggi….tapi kok badannya masih kecil ya ? untuk merangkak dia juga lum mampu cuma dia bisa ngesodnya kenceng….normal gak ya?

    • tips-bayi April 2, 2014 at 3:14 am #

      hima,

      Memang BB bayi Bunda kurang dari BB ideal, hanya saja masih termasuk 80% BB rata-rata berat bayi normal indonesia.
      Kecil besar bisa saja turunan Bun.. makannya bagus kan..? Aktif lagi.. Bayi Bunda sehat kok..

      Jangan terlalu khawatir, perkembangan kemampuan setiap bayi itu berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.. Dan bahkan terkadang ada juga yang tidak melalui tahapan yang biasa. Misalnya tidak merangkak tapi langsung berdiri dan berjalan. Ada juga yang ngesot tidak merangkak, jadi setiap bayi akan berbeda, keturunan sangat berpengaruh.. ;)
      Ngesot NORMAL saja Bun..

  7. herlina hsa March 2, 2014 at 5:29 am #

    hi tips,
    begini bayi saya rizq usia 9m9d bb 8kg tb 77cm
    bbnya naik 5ons sebulan trakir
    rizq sejak 4,5 bl asi plus sufor yang Ha/php protein terhidrolisat parsial
    karena pernah sikasih sufor biasa kulit kepala belakangnya timbul ruAm berair kata dsa nya baby saya alergi susu sapi
    oia sekedar info saat 3 bl pipinya ada ruam dermatitis atopik mnurut dsa anak saya alergi telur waktu itu msih asi ekslusif
    karena baby berbKat alergi jadi saya atas saran dsa diet alergen bgtu juga mpasi baby juga yg aman
    untuk perkembangannya baby saya sudah tumbuh gigi saat 6 bl sekarang dah 6 giginya
    mpasi homemade skrg bubur kasar 3 x dan 1x buah
    sudah bisa merangkak dan berdiri berpengangan meja dinding atau kursi
    apakah tumbuh membang anak saya wajar?
    saran dsa untuk makan nya ditambahkan sAntan kaldu minyak sayur margarin bahkan sufor kadang ditambahkan minyak kelapa murni apakah itu baik ?

    • tips-bayi March 25, 2014 at 7:38 am #

      herlina hsa,

      BB Rizq termasuk cukup bagus, karena termasuk 85% BB ideal untuk bayi indonesia. Rizq termasuk tinggi.. dan perkembangannya termasuk bagus. Pertahankan pemberian MPASI homemade dengan jadwal teratur.
      Pemberian minyak sayur, margarin atau santan boleh saja, asalkan hindari sementara pemberian garam .. ;)

  8. nurjannah February 3, 2014 at 6:44 am #

    dear tips..
    mau nya ni, putriku vinna udh 9,5bln tp blm numbuh gigi.. trs dia jg gk mw merangkak.. klw mw ambil sesuatu (pas d atas kasur) bukannya merangkak tp malah bed covernya yg ditarik :) .. suka galau jg ni.. soalnya anak tetangga baru umur 6-8bln udh aktif merangkak.. kira2 apa yg bisa saya lakukan utk merangsang vinna biar cpt merangkak ya..
    thx

    • tips-bayi February 15, 2014 at 4:09 am #

      nurjannah

      Belum bisa merangkak dan belum tumbuh gigi wajar, karena perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.

      Melatih merangkak.. Dalam posisi duduk tegak, letakkan benda kecil seperti remah-remah makanan atau potongan-potongan biskuit di hadapan bayi. Ajari bayi mengambil benda-benda tersebut. Jika bayi telah mampu melakukan hal ini, jauhkan pil, obat dan benda kecil lainnya dari jangkauan bayi.

      Lakukan dan ulangi terus dengan sabar dan telaten. Buat suasana komunikatif dan menyenangkan.. ;)

  9. VICTORIA YULI SUTANTI February 3, 2014 at 5:17 am #

    azka galih andara, putra pertama saya lahir 12 mei 2013 sekarang hampir 9 bulan berat 10kg setiap hari badannya selalu basah oleh keringat, kenapa ya? dan matanya tidak jernih mohon bimbingan alasan dan apa yang harus saya lakukan? trim

    • tips-bayi February 8, 2014 at 7:03 am #

      VICTORIA YULI SUTANTI,

      BB Azka bagus.. Sebenarnya banyak berkeringat merupakan pertanda baik karena berarti kelenjar keringat berfungsi sempurna. Pengeluaran keringat merupakan proses sekresi atau pembuangan sisa-sisa garam dan juga racun dari dalam tubuh.

      Seberapa banyak pun keringat bayi yang keluar sebenarnya normal saja sepanjang bayi tidak terganggu oleh keringatnya. Pakaikan baju yang menyerap keringat dan tidak terlalu tebal, perbaiki pentilasi ruangan. Lap dan keringkan jika berkeringat..

      Untuk mata yang tidak jernih, jika warna kekuningan perlu pemeriksaan lebih lanjut.. konsultasikan dengan dokter anak Anda.. Semoga Azka baik-baik saja.. :)

  10. Andre Trismu December 17, 2013 at 11:49 am #

    Pak bayi saya baru usia 9 bulan berat badanya sudah 12,2 kg. Tp itu cuma minum asi saa. Sama maka pendamping asi. Menurut anda masih batas normal g?

    • tips-bayi January 3, 2014 at 3:01 am #

      Andre Trismu,

      Memang BB nya diatas BB ideal.. Tapi masih NORMAL. Bagus pertahankan pemberian ASI sampau usia 2 tahun atau 2,5 tahun. Berikan MPASI buatan sendiri. Itu bisa mencegah obesitas..

      Bayi BUnda tidak obesitas.. Obesitas pada anak diklasifikasikan berdasarkan hasil pengukuran berat badan dibandingkan panjang badannya. Dikatakan obesitas ringan bila perbandingan berat terhadap panjang badan antara 120-135%, sedangkan disebut obesitas berat bila perbandingan berat terhadap panjang badannya antara 150-200%.

      Jika orang tuanya gemuk, kemungkinan anaknya gemuk 40%. Jadi berarti ada 60% faktor lain penyebab gemuk seperti lingkungan, gaya hidup, asupan gizi, dan pengeluaran kalori.

      Seorang bayi menjadi overweight karena intake-nya lebih. Kalau masukannya lebih, tentu harus disimpan dalam bentuk kenaikan berat badan.. :)

  11. mama olive December 13, 2013 at 2:32 am #

    assalamualaikum wr. wb…
    anak saya umr 9m6d bb7,8 kg, tapi blum bisa merangkak dan blum tumbuh gigi.. apakan normal?
    terus anak sebenarnya lincah, tpi ada ketertarikan pada suatu benda…klau da benda yang diinginkan dia akan cenderung seperti tidak ada usaha untuk menggapainya… kebanyakan ekspresinya pun datar..
    terima kasih sebelumnya, mohon solusinya y..

    • tips-bayi December 31, 2013 at 1:43 am #

      mama olive,

      Wa’alaikumussalam Wr. Wb.,

      Lincah tapi belum merangkak , tengkurap sendiri bisa Bun..? Jika Bisa.. Bunda jangan khawatir, hanya masalah waktu saja. Berikan rangsangan terus jangan bosan. Ajak terus berkomunikasi agar terbiasa dan terangsang untuk lebih cepat merespon. :)

      Akan tetapi jika sama sekali tidak ada kemampuan dan kemauan bergerak, ada baiknya segera diperiksakan ke DSA..

  12. difa November 13, 2013 at 7:14 am #

    Assamualaikum bun. Mau tanya anak saya umur 9 bulan berat badannya 8,3 apa normal? Mnum asi saja dtambah makanan tambahan. Dan sebaiknya kasi makannnya sehari brp kali? Kira2 makanan apa yg sehat dan bagus untuk menambah berat badannya.makasi

    • tips-bayi November 18, 2013 at 2:56 am #

      difa

      Wa’alaikumsalam,

      BB anak Bunda masih termasuk NORMAL.. karena termasuk 90% BB normal untuk anak Indonesia.. ;)

      Bagus sekali Bunda masih memberikan ASI, pertahankan Bun.. Untuk pemberian makan bisa bertahap Bun, dimuali satu kali, naik ke dua kali dan akhirnya jika bayi Bunda sudah siap bisa tiga kali. Usia 9 bulan sudah bisa tiga kali Bun.. ;)

      Berikan menu makanan yang variatif dan gizi yang seimbang, untuk contoh resep makannya Bunda bisa lihat RESEP di tipsbayi.com

  13. Bunda Al Fatih November 11, 2013 at 8:23 am #

    Al- Fatih usianya genap 9 bulan, BB 8,5kg TB 75. Tapi giginya belum tumbuh. Sangat aktif merangkak, berdiri, dan memanjat. tapi nafsu makannya kurang. sudah di coba berbagai variasi tapi tetap tidak mau. Kadang putus asa juga jadinya. ada gak multivitamin penambah selera makan untuk Al Fatih..? Trims..”

    • tips-bayi November 19, 2013 at 1:09 am #

      Bunda Al Fatih

      BB bayi Bunda termasuk NORMAL.. karena termasuk 95% BB normal untuk bayi Indonesia.. tinggi badannya termasuk 95% dengan BB dan usianya,

      Susah makan ya..?
      ..
      Susah makan pada anak memang biasa Bun, rajinlah kita memfariasikan makanannya dan membuat waktu makan menyenangkan, atau bisa jadi Al-Fatih susah makan karena pengaruh dari mau tumbuh gigi, biasanya kalau mau tumbuh gigi gusinya bengkak Bun..

      Untuk Vitamin.. kami tidak bisa merekomendasikan jenis vitamin tambahan untuk bayi Bunda..

    • podo anak ku March 21, 2014 at 3:12 am #

      emang seperti anak ku jg bu,,,kenapa ya kok g bisa duduk sendiri ketika masih dlm tidur,,tp kl sudah didudukan kq ngesot aktif sekali buk ibuk

  14. MamaEllo July 16, 2013 at 7:44 am #

    Thanx tips unt infonya, bermanfaat bgt ^_^

    ada yg mau sy tanyakan nih..bayi sy Ello berusia 9 bln dgn BB yg super mini 6,3 kg, TB 72 cm ..nah sy udah stress bgt sama berat badannya yg lambat sekali bertambahnya, Ello dari lahir minum ASI dan sekarang Ello sudah MPASI..untuk urusan makan ga ada masalah apa juga dimakan dan jumlahnya jg cukup banyak buat anak seumurannya..tapi entah mengapa badannya ga kunjung besar hanya tambah panjang???
    Dalam hal motoriknya Ello sudah bisa duduk tegak, merangkak, berdiri dgn berpegangan tembok dan di tatih dgn langkah yg mantap di usia 8 bln..tapi fisiknya terlihat kurus dan mungil serta gigi blom tumbuh.
    Nah pertanyaannya apa yg harus sy lakukan untuk menaikkan berat badannya? Apakah sy harus mencampur asi sy dgn sufor krn mungkin kualitasnya sudah ga memadai atau menambah vitamin?

    Thanx before

    • tips-bayi July 17, 2013 at 7:40 am #

      MamaEllo,

      Jangan Bun.. Jangan Bunda campur ASI makanan terbaik Ello warisan Bunda..
      Jangan khawatir.. terlihat Ello sehat-sehat saja, perkembangan kemampuan juga cukup bagus, nafsu makan oke.. Jadi Bun ingatlah pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan Ello ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat Ello terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat. Besar kecil juga bisa turunan.. ;-)

      Dan usia 9 bulan gigi belum keluar itu masih wajar.. jangan khawatir juga.. ;-)

      • MamaEllo July 21, 2013 at 1:10 pm #

        Thanx yah tips bayi untuk jawabannya..sy semakin yakin bahwa ASI adalah makanan terbaik buat Ello..memang betul Ello walau kecil badannya tapi dia ga pernah sakit dan aktif sekali.
        Thanx sekali lagi ^_^

        • tips-bayi July 23, 2013 at 2:00 am #

          MamaEllo

          Sama-sama Bun… ;-)

        • Novie Susanti August 6, 2013 at 4:07 pm #

          Dear Tips,

          Thanks banget buat info-infonya,berguna banget..
          Anak saya 9,5 bulan; BB 6,6 kg,TB 67 cm..terlihat kecil,apa normal utk bayi seusianya?
          Skrg dia sedang belajar memanjat, berjalan sambil berpegangan,aktif sekali, ga bisa diam..
          Cmn akhir2 ?ni kok makannya susah ya Tips,kalo makan dikeluarkan lagi..apa itu tanda dia bosan dengan makanannya?
          Lalu porsi makan utk bayi seusia dia normalnya brp ya?Sekarang anak saya porsi makannya 2-3 sendok makan,itu aja butuh waktu lama utk menghabiskannya..apa porsinya udah cukup?
          Terimakasih Tips utk jawabannya..

          • tips-bayi August 12, 2013 at 3:50 am #

            Novie Susanti,

            BB bayi Bunda masih termasuk NORMAL.. karena termasuk 75% BB normal untuk bayi Indonesia.. tinggi badannya termasuk 95% PB normal diusianya.

            Dari aktifnya terlihat bayi Bunda sehat, tiba-tiba susah makan bisa saja mau tumbuh gigi Bun.. Dan terkadang juga memang begitu anak-anak Bun.. Susah makannya.
            Selain memberikan menu yang variatif .. Untuk mengatasi bayi Bunda yang susah makan atau kurang nafsu makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

            * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan anak Anda.

            * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Bunda, penting bagi orang tua untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Anda.

            * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

            * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi anak Anda..

            * Pintar-pintarlah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

            * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

            * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

            * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

            * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Anda akan berterima kasih suatu hari nanti !

            Oh ya.. Bayi Bunda sudah bisa memegang sendiri dan mengunyah bisa mulai diperkenalkan ‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil dan sayuran rebus..

            Porsi makannya memang masih kurang Bun.. bagusnya 9 sendok makan.. ;-)

    • mamalino November 17, 2013 at 1:22 pm #

      Bayi saya BB nya waktu 6 bln jg kurang. MPASI nya aku kasih santan dan buah nya alpukat aku selang seling. Abis itu 1 bln naik 500grm. ASI jalan terus…jangan berhenti. Mungkin bs d coba, mom. Semoga membantu.

  15. shaga April 26, 2013 at 12:44 pm #

    hello tips bayi, nama anakku kenzie,dia sudah berumur 9 bulan lebih,keadaan beliau sekarang kurang baik,kenzie sekarang sudah bisa duduk,tumbuh gigi 2 buah dibawah dan 2 baru mau tumbuh diatas,sangat aktif,mau berjalan,cerewet (ngoceh terus), tapi waktu berumur 7 bulan,sang buah hati pernah dirawat di Rs.Carolous dengan gangguan dipernafasan dan diterapi uap
    pertanyaannya adalah kenapa diumur sang buah hati saya,terjadi belekan yang melebihi,sudah hampir 4 hari,dan saya berusaha untuk memijat pangkal hidungnya perlahan2,dan kompres mata dengan air hangat,tapi alhasil tidak ada,apakah ada saran lain dari tips bayi
    mohon infonya
    thanks & regards

    • tipsbayi April 27, 2013 at 3:37 am #

      Bunda,

      Sebenarnya, Anda bisa mencoba mengompres matanya dengan kapas yang dicelupkan ke air hangat, sehingga mudah dibersihkan. Tapi sebaiknya kalau sudah lebih dari 3 hari, Anda membawanya ke dokter untuk diperiksa.

  16. bunda langit April 9, 2013 at 3:07 am #

    anak saya tidak di imun,,tapi kondisi badannya sehat,sekara usia anak saya 9 bulan…klo pake baby woker di berdirinya tegak & lancar jalannya..tapi klo lg di tita kakinya lemes untuk jalan,apakah anak saya sehat2 saja?& apakah anak umur 9 bulan boleh di kasi yogert?

  17. bunda aufa March 28, 2013 at 10:47 pm #

    dear tips..
    putriku, aufa usia 9 bulan dengan BB 8,5 TB 72. aufa sangat aktif, dia sudah bisa berdiri, memanjat, kalau dengar musik tangannya ikut menari dan sudah bisa menirukan gerakan yang diajarkan padanya. permasalahannya kalau dirumah dia super aktif tapi giliran diajak keluar ketemu orang banyak (contoh: di posyandu, arisan) atau ada keluarga yang datang dia mesti nangis. seperti takut atau tidak suka dengan keramaian. kira-kira menyikapinya bagaimana ya tips?? terimakasih

    • tipsbayi March 29, 2013 at 5:42 am #

      @bunda aufa,

      Caranya dengan dibiasakan saja beriinteraksi dengan orang banyak. Memang perlu proses kok…

  18. nara vianti December 17, 2012 at 7:41 am #

    hai tips sekarang ara udh masuk 9 bln BB 7,6 KG,dia cerewet sekali,pintar menirukan orang menyanyi,apa lagi di taruh baby walker pst cpt bgt geraknya n baru tumbuh gigi 2 di bawah pertanyaanya : sampe saat ini nara blm bisa duduk sendiri .cuma bisa merayap atau menajukan badanya ke depan utuk menggambil sesuatu di dpnya xo di ajak titak mau berjalan apakah pertumbuhan anak saya normal

    • tips-bayi December 20, 2012 at 12:00 am #

      nara vianti,

      Sejauh ini terlihat Nara aktif dan perkembangan Nara NORMAL.. Belum waktunya saja Bun.. ;-)

      Sebaiknya Bunda jangan mengandalkan Babywalker, jika Nara sudah bisa berdiri.. Bunda bisa mencoba tips sederhana untuk mengajari Nara jalan dengan cepat.. Ajarkan berjalan dengan mendorong kursi plastik kecil atau galon air mineral besar.. Dengan begini maka Nara akan lebih termotifasi untuk cepat belajar jalan.. Akan tetapi HARUS selalu Bunda dampingi..

    • rini June 27, 2013 at 10:33 am #

      gmana bu apakah Nara sekarang sdh bisa duduk sendiri, dan bagaimana perkembangannya saat ini?, krn anak sy jg saat ini sama seperti anak ibu

  19. UmmUFaqiHah October 24, 2012 at 6:24 am #

    dear, tips bayi…
    putriku, Faqihah skrng berusia 9 bulan dgn BB 7,5kg
    Alhamdulilah, mash ASI smpai skrng…dia trmasuk ank yg aktif bgt,,,gak mau diam..sudh bisa duduk, dan mulai bisa berdiri sambil berpegangan…

    permasalahannya..
    1. dari usia 6 bulan smpai skrng, belum mau makan…ana sdh beri makanan sesuai usianya, mulai buatin pure buah, mpasi lunak diblender, smpai skrng bubur saring…awalnya ana kira karena gak ditambahin garam or gula jdnya ia gak mau makan…jdi sdh seminggu ana tmbahkan garam dgn dosis yg sdkt ke bubur saringnya…tp tetap gak mau makan…ana bgung…setiap disuapin, pst mkanannya dimuntahkan atau mulut gak mau dibuka…klo ana kasi mkanannya, pst dbuat mainan…
    2. faqihah belum merangkak…sdh ana cb untk stimulasi, tp spertinya ia malas bwt merangkak…
    3. klo malam tdurnya gelisah…sdikit2 bangun bwt menyusu…jdinya tdur ana jg gak maksimal…

    mhon saranya…
    terima kasih…

    • tipsbayi November 1, 2012 at 1:27 am #

      @Ummu Faqihah,

      1. Cobalah membuat suasana hatinya senang… misalnya sambil menyuapinya, Bunda mengajaknya jalan-jalan, melihat sungai, kebun, kereta api, atau apa saja yang berada di lingkungan sekitar rumah Bunda.

      Jangan memaksa si kecil makan sambil memarahi, apalagi sampai mencubit atau memukul ketika ia mogok makan. Ini akan berakibat negatif kepadanya.

      Coba usahakan juga untuk ‘membuatnya lapar’, artinya coba kurangi asupan susu, sekedar untuk membuat nafsu makannya meningkat.

      Buatlah makanan dalam bentuk yang menarik, warna-warni, sehingga ia pun tertarik untuk mencicipinya.

      Jika memang masih bermasalah, Bunda bisa membawanya ke ahli gizi…

      2. Memang pada beberapa kasus, ada bayi yang melewati fase merangkak, dan langsung berdiri untuk selanjutnya berjalan. Kita belum tahu apakah Faqihah termasuk yang demikian, tapi yang jelas memang harus sabar Bun… terus saja dirangsang dan dilatih dengan permainan-permainan yang menyenangkan…

      3. Bisa jadi karena si kecil lapar Bun. Kalau perutnya terisi cukup, mungkin bangun malam untuk menyususnya akan berkurang.

  20. Lucky October 8, 2012 at 4:06 am #

    Dear Tips..bayiku usia 9,5bln.BB 7,7kg, TB 67cm. Belum bisa merangkak, kalau mainannya dijauhkan berusaha ambil sejauh badannya sampai mau merangkak lalu jatuh telungkup. Kalau pindahkan badannya dgn berguling2. Kalau didirikan, kaki kiri kurang mau tegak tapi kadang mau (seperti belum mau berdiri), padahal kalau kita mau dudukkan di strollernya malah bisa kedua kakinya lurus, kalau mandi juga suka kedua kaki suka tendang2. Dsa bilang termasuk mungil, disuruh sufor tapi saya kekeuh asi. Apakah perkembangannya termasuk terlambat? Saya stimulasi dgn taruh mainan kesukaannya diatas sofa supaya mau diambil..dia usaha tapi tetap belum mau merambat/berdiri.
    Tks atas jawabannya.

    • tipsbayi October 9, 2012 at 2:11 am #

      @Lucky,

      Untuk bayi seusianya, BB dan TB-nya masih termasuk normal. Adapun keterlambatannya untuk bisa berdiri dsb, memang sebagian anak ada yang seperti itu. Selama dia terlihat ceria, dan tidak terlihat gangguan kesehatan yang serius, Anda tidak perlu khawatir. Yang penting terus dukung dia dan latih dia untuk merambat dan berdiri. Beri pujian ketika ia berhasil, sehingga ia tambah bersemangat untuk mencoba!

      • Bunda Daffa November 19, 2012 at 2:06 pm #

        Assalamu’alaikum tips… saya lagi galau nich… baby saya skrg berumur 9bln, dgn BB 7,1 n TB 62cm. apa mgkn baby saya teramsuk bayi gagal tumbuh??? cz TB nya ga setinggi teman2 seusianya, malah org2 bilang klo babyq bogel. hikssss…T.T sakit rasanya.. tp dy amat sngt aktiv bgt, umur 3bln da bs tengkurap, umur 5 bln da bisa duduk, 7bln gigix muncul dan sudah merangkak dan merambat. cuma masalahx ada di TBx aja… ksh solusi dunk tips, vitamin apa yang bisa bikin babyq tumbuh tinggi… tks

        • tips-bayi November 20, 2012 at 6:20 am #

          @ Bunda Daffa,

          Wa’alaikumussalam,

          Hmm.. Tidak usah galau Bun.. BB Daffa termasuk normal karena termasuk 80% BB normal untuk bayi Indonesia..
          Dan perbandingan BB 7,1 dengan TB 62 itu termasuk bagus tidak bogel bahkan biasanya BB 7,1 TB 56,4. Sedangkan Daffa termasuk lebih tinggi dari rata-rata untuk BB segitu.. Paham bun ya.. ;-)

          Daffa aktif dan perkembangan kemampuannya bagus. Gigi sudah muncul.. Jadi tidak usah galau Bun..
          Tinggi badan dipengaruhi juga oleh keturunan, meskipun demikian Bunda bisa berusaha jika Daffa sudah beranjak usia kanak-kanak dan remaja untuk dikenalkan berbagai aktifitas olah raga yang bisa merangsang pertumbuhan tinggi badan. Seperti lari, renang dan lainnya.

          • Bunda Daffa November 22, 2012 at 1:59 pm #

            hehehe…sip bgt say tipsx…………..TOP Pokok e… yg pntg sehat n tumbuh jd anak yg Sholeh… Amiiinnn… hehehe….

          • tips-bayi November 26, 2012 at 3:27 am #

            @ Bunda Daffa,

            Amiin.. Bunda.. ;-)

    • Mama Ibra January 18, 2013 at 9:26 am #

      Halo bunda Lucky, bgmn skrg perkembangannya bun? Anak ku jg cowo kok blum bs duduk ya? Umurnya udah 9bln. Msh ongkong2 terus, khawatir nih ):

      • tips-bayi January 23, 2013 at 1:21 am #

        @ Mama lbra,

        Halo Bun…

        Terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. Dan bahkan terkadang ada juga yang tidak melalui tahapan yang biasa. Misalnya tidak merangkak tapi langsung berdiri dan berjalan. Perkembangan fisik dan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan yang sama, meskipun kakak beradik sekalipun. Faktor keturunan sangat berpengaruh..

        Bunda bisa melatih duduk sendiri, Bunda bisa mencobanya dengan BERTAHAP, menyandarkan dengan kemiringan yang cukup, lalu menopangnya dan untuk seterusnya Bunda bisa sedikit demi sedikit melepaskan pegangan Bunda sampai bayi Bunda bisa duduk tegak.

  21. Bunda Davin October 2, 2012 at 3:46 pm #

    davin umurnya hampir 10bulan,
    gigi 2 dibawah 4 diatas.
    berat 9,6kilo.
    pertanyaanya?
    davin bberapa hari ini beolnya keras.
    kira2 solusinya apa ea?dari segi makanan atau yg lainya?

    • tips-bayi October 4, 2012 at 4:35 am #

      Bunda Davin,

      BB Davin bagus.. Masih ASI..? Tidak cocok susu, penyajian terlalu kental atau bahan MPASI bisa juga sebagai penyebab BAB keras.. Maka fariasikan bahan makanannya, bisa Anda coba dengan bahan dasar lainnya. Perbanyak menu makanan yang mengandung serat. Pilihlah menu dengan buah dan sayuran. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi Anda dianjurkan 5 porsi kecil setiap hari (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

      Sebaiknya pertahankan pemberian ASI sampai usia 2 atau 2,5 tahun..

      Anda juga bisa kunjungi :

      http://www.tipsbayi.com/resep-makanan-bayi-pepaya-saring.html

  22. Ruri Caturina September 21, 2012 at 4:18 am #

    Dear miss…

    anakku baby 9bln dengan berat badan 11Kg terkena batuk 1 bulan sampai chek dokter ISPA dan batuk nya sekarang masih tapi tidak demam lagi, sekarang baby susah makan, dan ngak mau minum susu tapi baby ku aktif bgt merangkak,dan mulai rambatan. apakah baby ku dampak terlalu banyak minum obat dari dokter atau ada indikasi penyakit lain? karna dya rewel sering nangis….

    • tips-bayi September 27, 2012 at 6:11 am #

      @ Ruri Caturina,

      Dilihat dari BB.. kami tidak khawatir dengan bayi Anda, apalagi masih aktif. Kalaupun sekarang susah makan, sepertinya karena habis sakit selera makannya belum pulih..

      Ada beberapa alasan bayi menangis atau rewel.. kita juga perlu perhatikan satu persatu, kira kira apa saja sih yang membuat sang bayi menangis?

      1.Rasa lapar
      2. Bayi ingin bersih
      3.Lingkungan yang tidak nyaman
      4. Bayi tidak bebas bergerak.
      5. Bayi ingin disayang
      6. Bayi rewel setelah minum ASI atau Susu
      7. Kolik perut
      8. Menangis gelisah dan rewel akibat kebiasaan buruk ibu atau ayah.. ;-)

  23. refi kusmita September 12, 2012 at 5:24 am #

    aslm. dear tips…aku mau tanya nih…bayiku sekarang udah masuk 10 bulan, tapi giginya belum ada yang tumbuh….apakah ini normal?sekarang sudah bisa duduk, merayap (tidak bisa merangkak), berdiri sendiri dengan bantuan pegangan/berpegang di dinding.

    • tips-bayi September 20, 2012 at 6:50 am #

      @ refi kusmita,

      Belum tumbuh gigi..? Sebenarnya Anda jangan khawatir.. Perkembangan fisik dan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. Termasuk pertumbuhan gigi. Pada setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan gigi yang sama, meskipun kakak beradik sekalipun. Faktor keturunan sangat berpengaruh.

      Apabila pada usia 14 bulan belum ada tanda tumbuh gigi barulah Anda konsultasi dengan dokter ahli gigi.

  24. ibu librasoka July 10, 2012 at 3:48 pm #

    Dear tips,trims bgt atas jawaban sblmnya. Alhmdlh libra sbntr lg 9 bln (BB 10kg TB 78cm LK 49cm). Sdh bs naik turun kasur,bdiri tanpa pegangan bbrp saat, babbling, meniru gerakan, main cilukba n bs ksh feedback kl dksh tau hal2 yg dilarang.
    Maaf tips,mau tanya lg ni..
    Libra lumayan sering ktika bermain tatapannya kosong utk bbrp menit spt org melamun. Pd wkt itu dipanggil namanya dgn suara biasa dia lgsg tersentak kaget n nangis menjerit dlm wktu ckp lama. Apa hal dmikian normal seusia ini? N bgmn caranya agar bayi mdh adaptasi dgn tempat n org2 baru? Trims bnyk atas jwbannya tips..

    • tips-bayi July 21, 2012 at 1:45 am #

      @ ibu librasoka,

      @ ibu Libra,

      Hmm.. Lucu sekali ya.. ;-)

      Kagetan..? NORMAL kok.. Bahkan bisa juga terjadi ketika tidur.. Jangan khawatir bahwa gerak kaget itu adalah gerak refleks bayi Anda yang sedang mengembangkan otot dan syaraf untuk bergerak, biasanya terjadi pada fase tidur REM

      Sementara kedutan bayi ini seringkali menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua, namun para dokter justru akan khawatir bila tidak melihatnya. Bayi yang baru lahir secara rutin akan mendapat pemeriksaan refleks ini. Adanya refleks ini justru menjadi tanda bahwa sistem persarafannya berfungsi degan baik. Anda akan mendapatkan bahwa refleks ini kelak akan semakin berkurang dan akhirnya akan sama sekali hilang (Tentu saja bayi anda dapat terkejut pada segala usia, tetapi degan pola kedutan yang berbeda.) :-)

      Untuk membiasakan bayi Anda agar cepat beradaptasi dengan orang baru, maka bayi Anda harus senantiasa dibiasakan sering berinteraksi dengan sekitar.. tidak selalu diruangan terpisah.. Dan yang penting.. biasakan berkomunikasi dua arah dengan bayi Anda, meskipun sepertinya bayi Anda belum mengerti pembicaraan Anda.. ;-)

  25. ibu Libra July 10, 2012 at 3:01 pm #

    Dear Tips, trims bgt atas jawaban sblmnya. Alhmdlh sbntr lg libra genap 9 bln (BB 10kg TB 78cm),sdh bs naik turun kasur,berdiri sndiri tnp pegangan sesaat,meniru gerakan n senang skli main cilukba.
    Tips,maaf blh tny lg ya..
    Libra lumayan sering beberapa menit terdiam dgn tatapan kosong spt sdg melamun saat bmain. Ktika dipanggil namanya(tdk keras) dia lgsg kaget tersentak & menjerit nangis dgn durasi ckp lama. Apa hal ini normal tjadi di usia ini tips? Trims bnyk atas jawabannya.

    • tips-bayi July 19, 2012 at 3:55 am #

      @ ibu Libra,

      Hmm.. Lucu sekali ya.. ;-)

      Kagetan..? NORMAL kok.. Bahkan bisa juga terjadi ketika tidur.. Jangan khawatir bahwa gerak kaget itu adalah gerak refleks bayi Anda yang sedang mengembangkan otot dan syaraf untuk bergerak, biasanya terjadi pada fase tidur REM

      Sementara kedutan bayi ini seringkali menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua, namun para dokter justru akan khawatir bila tidak melihatnya. Bayi yang baru lahir secara rutin akan mendapat pemeriksaan refleks ini. Adanya refleks ini justru menjadi tanda bahwa sistem persarafannya berfungsi degan baik. Anda akan mendapatkan bahwa refleks ini kelak akan semakin berkurang dan akhirnya akan sama sekali hilang (Tentu saja bayi anda dapat terkejut pada segala usia, tetapi degan pola kedutan yang berbeda.) :-)

  26. nandea June 20, 2012 at 1:58 pm #

    dear tips bayi
    mau tanya nih… anak saya mau masuk usia 10 bulan dan skrg dia suda bisa merangkak,duduk,blajar berdiri berpegagnagn,,, tpi ko masalah dengan makananya agak bermasalah ya,,, jdi anak saya suka masukin tangany d mulut klo d suapin jd nafsu makany berkurang,,anak sya berat badanya jg kurus jd gmna dong mengatasi nya ?????????????????????

    • tips-bayi June 25, 2012 at 12:43 pm #

      @ nandea,

      Benar.., umur segitu bayi biasa memasukan benda-benda atau tangannya ke mulut.. NORMAL kok.

      Anda bisa mencoba memberikan mainan “teether”. Mainan ini biasanya sifatnya empuk dan bisa digunakan si kecil untuk digigit-gigit. Biasanya lumayan efektif untuk mengurangi kebiasaan ngemut tangan.

      Untuk mainan bisa Anda berikan mainan yang biasa dipegang bahannya lembut, aman bila digigit, warnanya cerah. Atau mainan yang digantung, bisa digantung di atas perut, jadi nyaman buat bayi Anda untuk melihatnya.

      Kunjungi juga : http://www.tipsbayi.com/index.php/5-mainan-favorit-di-usa

      Susah makan ya..? Bayi Anda sudah bisa memegang sendiri dan mengunyah bisa mulai diperkenalkan ‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil dan sayuran rebus..

      Selain memberikan menu yang variatif .. Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan anak Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi anak Anda..

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Anda akan berterima kasih suatu hari nanti .

      Memang BB anak Anda berapa..? Berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat… Kurus atau gemuk bisa saja turunan lho.. ;-)

  27. Sherly May 29, 2012 at 7:05 am #

    DEAR Tim Tips bayi
    bayiku skrg udh berusia 9 bulan, tapi knp ya sampe skrg dia blm bisa untuk makan yg teksturnya kasar,
    jadi selama ini buburnya masih harus aku saring pake saringan kawat gitu.
    Sudah aku akalin sebagian di saring + sebagian ngk, tapi tetep ngk bisa di makan sama babyku, dia selalu mau muntah
    Oh ya giginya udh numbuh 4 ( 2 diatas + 2 dibawah )
    Jadi sepertinya bayiku ngk bisa mengunyah, makanannya langsung di telan, makanya kalo kasar dia muntah
    Biskuit bayi aja dia blm bisa gigitin, padahal udh aku cobain trus.
    Apa kondisi ini masih tergolong normal ngk ?
    Saat ini berat babyku 11kg / TB= 80cm
    PErkembangan motoriknya terbilang bagus kok, usia ini dia udh belajar jalan / merambat. udh lancar untuk berdiri dan jongkok sendiri
    Tapi bicaranya masih belum jelas..
    mohon pencerahannya,
    TErima kasih

    • tips-bayi June 20, 2012 at 3:32 am #

      @ Sherly,

      Bayi Anda NORMAL kok..

      Untuk perubahan tekstur dan menu.. sebaiknya Anda lakukan dengan bertahap. Untuk membiasakan dengan makanan tekstur agak keras, Anda sudah bisa perkenalkan Finger Food, bayi Anda sudah bisa memegang sendiri dan mengunyah ya..? Maka bisa mulai diperkenalkan ‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil dan sayuran rebus.. ;-)

      Perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual, dalam stu hal bisa lebih cepat atau lambat.
      Bagus sudah belajar jalan.. rangsang dan latih secara perlahan jangan ada paksaan.. Anda bisa mencoba tips sederhana untuk mengajari bayi Anda jalan dengan cepat.. Ajarkan bayi Anda berjalan dengan mendorong kursi plastik kecil atau galon air mineral besar.. Dengan begini maka bayi Anda akan lebih termotifasi untuk cepat belajar jalan.. Akan tetapi HARUS selalu Anda dampingi.. ;-)

  28. sherly May 26, 2012 at 10:02 am #

    DEAR tips bayi
    aku mau tanya dong, bayiku usianya skrg udh 9 bulan lebih, tapi sampai skrg dia blm bisa makan makanan yg teksturnya padat, jadi buburnya masih hrs di saring,
    sudah aku usahain segala akal. tapi tetep ngk bisa, udh pernah saya campur sebagian kasar sebagian saring halus, tapi hasilnya sama aja,
    bayiku muntah kalo makan makanan kasar.
    apa itu normal ? Jadi sepertinya dia ngk mau mengunyah, langsung di telan, tapi krn dia ngk bisa menelan yg kasar, alhasil jadinya muntah..
    mohon tanggapannya..
    terima kasih

    • tips-bayi June 16, 2012 at 1:11 am #

      @ sherly,

      Tidak apa-apa.. Anda berikan makanan sesuai kesanggupan dan kesiapan bayi Anda saja.. Memang agak sulit dan membutuhkan kesabaran penuh. Sambil merubah secara bertahap..

      Dan untuk membiasakan dengan makanan kasar, bayi Anda sudah bisa memegang sendiri dan mengunyah ya..? Maka bisa mulai diperkenalkan ‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil dan sayuran rebus.. ;-)

  29. Nelly Husna April 6, 2012 at 6:16 pm #

    bayiku sudah sebilan bulan, sa’at ini gigi atasnya udah tumbuh empat sedangkan gigi bawahnya tumbuh dua. Kebiasaannya ini sering sekali mnggigit puting sampai lecet, apa ada obaty alami untuk mengobati puting yang lecet dan apa antisipasi upaya bayi tidak menggigit puting.

    • tips-bayi April 11, 2012 at 3:17 pm #

      @ Nelly Husna,

      Saran.. Setiap kali bayi Anda menggigit, kalau bisa Anda jangan bereaksi berlebihan dengan teriak, marah atau mencabut paksa (maaf) payudara yang lagi dihisap.
      Sepertinya reaksi seperti itu justru memancing bayi Anda untuk mengulangi menggigit lagi. Lebih baik ekspresinya diganti dengan meringis pelan. Perlahan jauhkan payudara darinya. Ajak bayi Anda komunikasi, Anda bisa katakan “Jangan ya sayang, bunda sakit..” Setelah itu Anda susui lagi.. Kalau menggigit lagi, ulangi lagi.. Dan jangan sampai lupa sampaikan dengan senyuman.. :-) Insya Allah, kalau Anda menyampaikannya dengan senyum, bayi Anda akan paham.. Soalnya kecenderungan kita manusia lebih mudah menyerap informasi yang disampaikan dengan senyuman, betul kan?

      Lama-lama bayi Anda akan paham konsep sebab-akibat..
      Jika aku menggigit –> aku tidak bisa minum ASI
      Jika aku menggigit –> bundanya meringis, sepertinya sakit –> kasian bundaku

      Yang terpenting… JANGAN hentikan pemberian ASI.. ;-)

      Sebaiknya bila akan menyusui putingnya dilap dulu agar tidak mengganggu kenyamanan bayi Anda dalam menyusu. Dan untuk menghindari infeksi, sebaiknya sebelum menyusui, pijat puting sedikit agar keluar air susunya. Air susu ini kemudian digunakan untuk mengolesi puting dan sekitar areola. “Begitu juga sesudah menyusui. Dengan demikian, puting selalu bersih dan terhindar dari infeksi. Sebab, di dalam ASI ada pelumas yang bisa melembutkan areola mammae dan puting, serta mengandung desinfektan yang bisa membersihkan. Jadi, tak usah membasuh puting dengan air segala macam, cukup dengan air ASI saja sudah bersih kok..” ;-)

      Juga jangan sekali-kali membersihkan puting memakai sabun, karena sabun mengandung soda yang memudahkan puting jadi lecet. “Payudara saat menyusui itu kan lagi mekar bengkak, dan muara ASI-nya sedang terbuka, sehingga jadi sensitif jika terkena soda. Ketika mandi, cukuplah dibersihkan memakai air saja, tanpa sabun.”

      Jika keadaan lecet puting ini sangat parah sebaiknya payudara yang lecet untuk sementara diistirahatkan dari acara menyusui hingga 24 jam. “Susuilah bayi Anda dengan payudara yang sebelah lagi.” Kalau ternyata ASI dari payudara yang lecet itu sudah penuh, ASI sebaiknya dikeluarkan dengan jalan dipompa..

      Selanjutnya, puting lecet tersebut diobati dengan obat oles hingga lecetnya sembuh. “Namun sebelum disusukan kembali, sebaiknya puting yang bekas diolesi obat ini dibersihkan dulu. Dengan demikian, bekas obat tidak terisap bayi.”

      Yang harus diwaspadai adalah terjadinya infeksi yang ditandai dengan payudara yang membengkak dan terasa sakit sekali serta ibu merasa demam. Hubungi dokter anda bila terjadi hal yang demikian..

  30. Anonymous March 2, 2012 at 11:50 am #

    anak ku udah mau 10bln tp blm bsa mrangkak,berdiri,duduk,giginya blm jg tmbuh,dia bru bisa ngerayap gtu,dia udah nggak mau ASI,skrg susu formula.umur 9bln BBnya 7kg,gmna ya?apa ada yg slh ma anak ku??trus skrg sdh aku kasih nasi lembek,nggak papa kan??

    • tips-bayi March 7, 2012 at 4:32 am #

      @ Anonymous,

      Sudah bisa merayap, itu tanda bayi Anda baik-baik saja.. Anda jangan khawatir, hanya masalah waktu saja.. ;-)

      Sekali lagi.. Anda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan termasuk pertumbuhan gigi… Dan bahkan terkadang ada juga yang tidak melalui tahapan yang biasa. Misalnya tidak merangkak tapi langsung berdiri dan berjalan. Ada juga yang ngesot tidak merangkak.. Jadi setiap bayi akan berbeda.. terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. Keturunan sangat berpengaruh.. ;-)

      BB bayi Anda termasuk termasuk NORMAL.. karena termasuk 80% BB normal untuk bayi Indonesia.. meskipun terlihat agak kecil ya..

      Sebelumnya tekstur nasi tim? Sebaiknya usia segitu tekstur seperti nasi tim.. kecuali memang sebelumnya bayi Anda sudah biasa dengan tekstur nasi tim maka seterusnya boleh nasi lembek. Rubahlah tekstur makanannya secara bertahap.. jangan membuat bayi Anda kaget dengan rasa atau tekstur makanan barunya.

  31. mmzafran February 12, 2012 at 3:57 am #

    terimakasih sekali semua infonya sangat membantu dan melegakan sy dari kekwatiran sebagai ibu baru…
    baby ku usianya baru 9 bulan jugak dan dia termasuk baby yg aktif… padahal jika ingat kelahirannya yg termasuk BBLR (berat badan lahir rendah) dgn berat hanya 1.835 kg pjg 45 cm… wiiih gak kebayang kan yg melihatnya gak tega deehh… alhamdulillah ternyata pertumbuhannya melebihi anak-anak biasanya.. ketika imunisasi kemarin (9 feb 2012) berat badannya sudh 9.99 kg tinggi 72 cm.lingkar kepala 45 dan yg bikin susternya 2 x ngukur karena gak percaya adalah lingkar lengannya ternyata 17 cm melebihi rata-rata bayi umur 9 buln yg hanya 12 cm.
    baby ku baby yg montok bukan gendut lohhh… qiqiqi… karena dari kepala,tinggi dan besar badannya seimbang dan tulangnya memang besar..
    alhamdulillah dia gak kesulitan dalam hal makanan apa saja dia makan.. tetapi benar jugak di usia sekarang dia sudh mulai bisa memilih makanan favoritnya (labu kuning dan brokoli + daging) kalau telor dia masih tahap penyesuaian. pintarnya dia gak pernah -maaf- melepeh/muntahkan makanan yg dia gak suka tetep aja dia kunyah dan telan…
    semoga seluruh baby di Indonesia sehat semua..
    Salam sehat untuk semua …

    • tips-bayi February 22, 2012 at 3:19 am #

      @ mmzafran,

      Amiin.. ;-)

      Luar biasa ya..?

  32. Yoppy January 18, 2012 at 4:51 am #

    Tips_a ok banget…..

  33. ady wahyudi January 15, 2012 at 2:20 pm #

    biasnya pada umur 9 bulan merupakan fase dimana bayi susah untk makan,,seberapa lama fase itu akan berjalan,sehingga anak kami bisa lahab lagi makan

    • tips-bayi January 18, 2012 at 4:29 am #

      @ ady wahyudi,

      Fase itu tidak akan lama jika kita bisa lebih tanggap menghadapinya dengan siasat ibu cerdas.. ;-)

      Memang ada kalanya bayi susah makan atau nafsu makannya menurun.. Maka kita harus jeli dan sabar mencari penyebabnya. Jangan Anda paksa..

      Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan anak Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi anak Anda..

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Anda akan berterima kasih suatu hari nanti ! ;-)

  34. amaknya zenta December 24, 2011 at 2:43 am #

    nambah dkit …
    zenta cm mau mkn biskuit dan pisang aja…walau menu udah bervariasi (sampai aku bli resep 35 tim bayi) udah hampir semua dicoba … tetep mulutnya nutup kalau nasi blender …

    • tips-bayi December 30, 2011 at 2:17 am #

      @ amaknya zenta,

      Hmm.. gitu ya.. :-)

      Apakah Anda sudah mencoba membuat biscuit sendiri..? ;-)

      Untuk sementara.. sambil terus berusaha diperkenalkan makanan lain, Anda tetap memberikan menu yang Zenta minati. Jangan lupa tetap memberikan ASI..

      Dan.. sebenarnya jika Zenta sudah bisa memegang sendiri dan mengunyah bisa mulai diperkenalkan ‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil, sayuran rebus, biscuit yang gampang lumat, sehingga bayi dapat latihan makan sendiri dan bisa terlatih dengan menu yang berfariasi.

  35. amaknya zenta December 24, 2011 at 2:37 am #

    dear tips
    tanya dong…zenta skrg uda 9bln 2mgg,,dr umur 0 sampai skrg mnm sufor,ada alasan knp sampai skrg mnm sufor,, pertama krn sampai 1bln lbh stlah zenta lahir aku blum kluarin ASI walau udah dikasi ramuan dan obat dari dokter macem2. yg kedua krn aku dan suami hidup tanpa ada yg bantu mempengaruhi jg produksi ASI ku, mgkn faktor stress dan mkn yg ga teratur (aku dan suami jauh dari ortu dan fasilitas seperti mol, supermarket, pasar tradisional). jd jadwal mkn berantakan. yg ke tiga aku dengan rubella dan CMV saat hamil, syukur walau dgn obat herbal dan obat dokter bisa menekan virusku. zenta lahir sehat tanpa cacat. sufor akhirnya aku gunakan krn kondisi dan situasi diatas. dan cuma sakit 1 kali pilek itu pun karena tertular tetah nya (ayah) berat zenta skrg 8,3kg, awal 5bln aku ajari bubur instan. sampai umur 7bln. akhir 7bln aku kenalkan tim blender tapi cuma 1bln aja mau. dari umur 8bln sampai skrg 9bln lbh aku udah berusaha mati2an unt ajari kembali mkn tim blender malah muntah. dan akirnya aku pilih bubur instan lagi. karena aku berfikir dari pada zenta tidak mkn. takut turun bobotnya.makannya lahap sampai hbs.malah kadang porsi besar.
    yang aku tanya kan … adakah dampak dikemudian hari nanti untuk perkembangan zenta,, karena semua yang zenta minum dan makan pakai tanggal kadaluarsa … sedih jadinya kalau liat kaleng dan bungkus kardus dimeja makan ku…:(
    oya.. walau dgn sufor dan makanan instan, perkembangan zenta tidak terlambat, mulai dari 1bln perkembangan nya bagus malah dibanding teman2 posyandunya zenta lebih maju pesat. skrg aja udah jalan walau 2 langkah walau trs jatuh. krn dr umur 5bln udah merembet2 sendiri didinding. maklum karena ga pernah aku manja dengan gendong.
    kebanyak crita ya.. :)
    trimakasih untuk waktunya …..

    • tips-bayi December 28, 2011 at 3:44 am #

      @ amaknya zenta,

      Wah.. Amazing.. Anda seorang ibu yang sabar.. :-)

      Terlihat perkembangan Zenta bagus dan baik-baik saja. Zenta sehat kok.. Anda jangan khawatir.. ;-)

  36. Anonymous November 18, 2011 at 2:51 pm #

    Dear tips,

    BBaby 9bln, bb 6,5kg tb 66cm. Kurus krn skr lagi diare.Sudah ke dokter diberikan obt zinkid. & pedialyte. Anak sy belum bisa merangkak, duduk jg belum bisa dari posisi bangun dari tengkurap tp kalo didudukkan sdh tegak. Bagaimana menstimulasi supaya bisa merangkak?
    Blm Bisa merangkak, tp sukanya berdiri dan seperti minta titah, dan kebiasaan itu berbahayakah? Trus sy lihat kaki sebelah kanan cenderung O(kt orang klo sudah berdiri lurus sendiri) apakah benar begitu? Saya khawatir sekali dengan kondisi kaki O takut nanti akan berpengaruhi jalannya nanti.
    Mohon maaf kalo pertanyaannya banyak.
    Terima kasih sebelumnya.

    • tips-bayi December 7, 2011 at 3:04 am #

      @ Anonymous,

      Untuk BB bayi Anda masih tergolong normal, karena masih 70% BB normal untuk bayi Indonesia. Meskipun terlihat kecil.. Panjangnya sedang karena termasuk 90% panjang bayi Indonesia..

      Terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. Dan bahkan terkadang ada juga yang tidak melalui tahapan yang biasa. Misalnya tidak merangkak tapi langsung berdiri dan berjalan. Perkembangan fisik dan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan yang sama, meskipun kakak beradik sekalipun. Faktor keturunan sangat berpengaruh..

      Duduk bayi Anda sudah benar-benar tegak..? Melatih duduk sendiri, Anda bisa mencobanya dengan BERTAHAP, menyandarkan dengan kemiringan yang cukup, lalu menopangnya dan untuk seterusnya Anda bisa sedikit demi sedikit melepaskan pegangan Anda sampai bayi Anda bisa duduk tegak..

      Jika bayi Anda sudah bisa berdiri tegak maka boleh Anda melatihnya untuk berjalan. Anda bisa mencoba tips sederhana untuk mengajari bayi Anda jalan dengan cepat.. Ajarkan bayi Anda berjalan dengan mendorong kursi plastik kecil atau galon air mineral besar.. Dengan begini maka bayi Anda akan lebih termotifasi untuk cepat belajar jalan.. Akan tetapi HARUS selalu Anda dampingi.. ;-)

  37. Yayu October 8, 2011 at 3:38 pm #

    Dear tips,salam kenal.anak saya,fakhira,9bln1minggu,bb 7,2kg.sdh 2minggu batuk berdahaknya g sembuh2,malah 4hari terakhir tambah pilek.kami sdh membawanya ke dktr,tp blm sembuh jg.minum obt dokter lalu beberapa jam kemudian muntah.mngkn mengeluarkan dahaknya,tapi kok lama sembuhnya ya?.skrng nafsu makannyapun berkurang,maunya cuma minum ASI.dikasih bubur sudah ga mau,nasi tim juga belum mau banyak.tapi buah2an spt mangga,pisang,pepaya mau.apa memang nafsu mkn menurun krn sakit ya?bingung nih,batuknya ga sembuh2.jadi keliatan kurus:-(

    • tipsbayi November 5, 2011 at 3:29 am #

      @ Yayu,

      Memang batuk berdahak bisa agak lama bertahan karena anak-anak biasanya susah atau tidak bisa membuang dahaknya sendiri..

      Hingga saat ini pun sebenarnya belum ada obat mujarab untuk membunuh virus. Obat flu yang ada hanya sekadar untuk meringankan gejala-gejalanya saja, seperti obat penurun demam, pelega hidung tersumbat, dan pengencer lendir.
      Bagus Fakhira masih mau ASI. Jadi saran kami susui terus saja dengan ASI, susui dengan posisi yang benar. ASI seperti diketahui, mengandung zat-zat kekebalan tubuh (imunoglobulin) yang tidak terdapat pada susu formula..

      Betul, nafsu makannya akan sedikit terganggu karena kondisi sakit.. Jika sudah sehat sepertinya Fakhira akan banyak lagi makannya.. ;-)
      Anda juga bisa tetap mempertahankan pemberian buah-buahan..

      • barbara February 14, 2013 at 2:17 pm #

        Dear tips bayi,

        Mau nanya nih..
        Anak saya perempuan sudah 9 bulan, BB = 8kg apakah berat badannya normal? Sampai sekarang belum tumbuh gigi, suka memasukkan benda apa saja ke dlm mulut. Belum bisa mengucapkan mamama..ataupun papapapa..hanya saja jika sedang bermain dgn anak” lainnya, anak saya sering mengeluarkan suara seperti membentak..dan apa yah tips nya agar dia tidak tergantung dengan ayunan saat mau tidur? Kalau tidak tidur diayunan dia tidak mau tidur, pdhl sudah ngantuk sekali dan malah menjadi rewel..? “? ?.?.?.?.?. ?.ö.?. “? ?

        • tips-bayi February 15, 2013 at 6:10 am #

          barbara

          Bun BB bayinya termasuk NORMAL.. karena termasuk 90% BB normal untuk bayi Indonesia…

          Belum tumbuh gigi..? Bunda jangan khawatir.. Pertumbuhan gigi. Pada setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan gigi yang sama, meskipun kakak beradik sekalipun. Faktor keturunan sangat berpengaruh.

          Apabila pada usia 14 bulan belum ada tanda tumbuh gigi barulah Bunda konsultasi dengan dokter ahli gigi..

          Untuk pola tidurnya…
          .Bunda buat suasana yang tenang, redupkan lampu ruangan, bentuk jadwal dengan membiasakan bayi Bunda dibawa ke dalam suasana tenang setiap jadwal tidur yang diharapkan.. bentuk kebiasaan pada bayi Bunda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya , disusui atau ditenangkan dengan bisikan, itu akan membentuk pola tidur bayi Bunda yang bagus..

  38. meitha September 14, 2011 at 1:21 pm #

    maaf mau tnya,anakq umur 9bln tp BBnya g ada 8kg,susah bgt gemuknya,padahal usia 5bln msh gendut bgt mulai umur 6bln jd sakit2an trs krs,itu BBnya n0rmal tdk?makasih

  39. Erlisabet August 23, 2011 at 10:35 am #

    Dear Tips… mau tanya dong, bayiku laki – laki sekarang usianya 9 bulan lebih seminggu, sudah mulai titah – titah dan merangkak kemudian juga dia sering mengucapkan ba..ba..bu juga bla..bla..bla , yang mau saya tanyakan apakah itu babbling? karena dia belum mengucapkan mamama papapa … apakah itu normal tips?
    dia sudah bisa bertepuk tangan, tertawa terbahak-bahak saat diajak cilukba, bila diberikan telepon mainan akan didekatkan ke mulut dan terucap aooooooo…

    Mohon pencerahannya tips apakah itu normal untuk anak seumur dia?
    Please infonya…makasi sebelumnya

  40. Bunda erni August 22, 2011 at 1:56 am #

    Lam knal, anak saya henok krng 1 hri usiax 9 bln, yg sya mau tnya : apakah bayi saya cacingan klo sering brmain di lantai krna sdah merangkak skarang lgi mau pngin brdri sndri bhaya kah itu, mkanx susah tdk mau yg lain selain SUN beras merah, smpe skrang msh ASI eksklusif, trimah kasih ats jawabanx

  41. mamamecca May 28, 2011 at 7:48 am #

    hi tips..
    tx bgt infonya yach..mecca hampir mendekati yg tips bilang diatas.sekarng usia mecca 9m 2wk. BB 8,3kg TB 75 cm.terlihat agak kurus krna dia panjang.lingkar kepala 46.5cm.bagaimana menurut tips..ada yg ganjil ga ya??krna ada bbrpa kerabat yg bilang kalo ukuran kpla mecca terlihat besar.benar ga tips..??
    smpe skrg blm bisa merangkak..duduk sendiri udh bisa.normal ga ya?
    saya jg mau tanya..tiap tidur malam mecca slalu terbangun 2-3x buat minum susu..msh normal ga ya??kalo ga dikasih dia ga akan tidur lagi.sampe nangis2 gitu tips..
    tolong sarannya y..mksih sebleumnya

  42. Made April 20, 2011 at 12:51 pm #

    Selamat malam, tipsbayi,

    anak saya, PUTU JUN, tepatnya tgk 15 bulan ini sudah 9bln,tapi dia blm bisa berdiri dan tgl 17 ini sudah di imunisasi campak ,kata dokter seminggu kemudian akan deman ,tetapi baru 2hari sudah demam tinggi….dan sudah saya berikan sirup penurun demam,pertanyaan saya: sewaktu demam anak saya juga pilek dan batuk disertai sesak, yang mana di kasih duluan obat untuk demam apa obat untuk pilek dan batuknya?dan kalau ada saran, vitamin apa yang cocok untuk bayi biar berat badannya bertambah?sekarang baru 8,7kg.

    • tipsbayi April 27, 2011 at 4:34 am #

      @ Made,

      Jangan khawatir jika PUTU JUN belum bisa berdiri.. Tapi sudah bisa duduk kan..? Perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual..

      Setiap pemberian obat untuk apapun, seharusnya sesuai dengan pejunjuk dokter. Batuk dan demam karena flu, Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-5 hari, dengan memberikan ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.., untuk batuk berdahak pada bayi agak sedikit lama karena bayi belum bisa membuang dahaknya sendiri..

      Obat flu yang ada hanya sekadar untuk meringankan gejala-gejalanya saja, seperti obat penurun demam, pelega hidung tersumbat, dan pengencer lendir.

      Penyebab penyakit flu adalah virus yang umumnya akan mereda dalam waktu 3-5 hari. Hingga saat ini pun sebenarnya belum ada obat mujarab untuk membunuh virus. Jadi saran kami susui terus saja dengan ASI, ASI seperti diketahui, mengandung zat-zat kekebalan tubuh (imunoglobulin) yang tidak terdapat pada susu formula. ;-)

      Tapi jika bayi Anda sesak.. Anda harus periksakan ke DSA..

      BB Bayi Anda masih tergolong normal, karena masih termasuk 80% BB normal untuk bayi Indonesia, meskipun terlihat kecil ya..? Anda jangan terlalu khawatir.. Agar pertumbuhan tulang atau tinggi maupun beratnya tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.. Perencanaan pola makan dengan gizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

      Untuk pemberian vitamin penambah nafsu makan atau vitamin apa saja, sebaiknya Anda konsultasikan pada DSA. Saran kami, tidak harus memberikan suplemen yang macam-macam. Dengan ASI dan makanan bergizi sudah modal besar untuk mencetak anak sehat. Kalaupun Anda ingin memberikan vitamin selalulah konsultasikan dengan DSA Anda.. ;-)

  43. Ami April 5, 2011 at 9:07 am #

    Hai tipsbayi,

    Anakku alvaro tgl 9 nanti tepat 9bulan, alvaro sangat aktif sekarang dia sudah bisa merangkak dan merambat pegangan meja atau kursi, dan suka berjalan sambil mendorong baby walkernya, tetapi blm bs merambat ke tembok mungkin krn tidak bs pegangan kali yach. Giginya sudah tumbuh 6, atas 4 dan bawah 2. Apakah anak saya ini termasuk normal atau kecepetan untuk perkembangannya.? Umur brpkah bayi sdh bs berjln? Anak saya mnm sufor akan tetapi tidak pernah mau memegang botolnya sendiri, bgmn cr melatihnya krn setiap tangan alvaro saya pegangkan ke botol dia akan tarik lagi, dia lbh suka pegang guling atau kain.

    • tipsbayi April 27, 2011 at 4:17 am #

      @ Ami,

      Perkembangan kemampuan bayi, misalnya berjalan sifatnya individual berbeda bayi satu dengan yang lainnya. Turunan juga mempengaruhi lho.. Rata-rata.. 11-13 bulan, ada yang lebih cepat atau lebih lambat dari itu..

      Perkembangan fisik dan kemampuan Alvaro termasuk bagus.. NORMAL..

      Anda perlu sedikit-demi sedikit melatih bayi Anda untuk belajar memegang. Bagaimana dengan memegang sippy cup..? Anda sebenarnya bisa mulai memperkenalkan gelas sippy cup kepada bayi Anda..

      Sippy cup adalah gelas, yang ujung atasnya berbentuk seperti ujung seruling / flute, jadi cairan keluar lebih banyak daripada dot yang hanya satu lubang kecil sekali. Lubang sippy cup ada yang berbentuk beberapa lubang kecil, ada juga yang bentuknya lubang lurus. Jika ingin tahu gambarnya, coba deh search gambar dan tuliskan ’sippy cup’.

      Tahap berikutnya, anak bisa diperkenalkan dengan gelas bersedotan. Awalnya tentu sedotannya kecil saja (biasanya sudah menempel di gelas). Nah, selanjutnya, anak sudah bisa belajar menggunakan gelas untuk minum. Tentu saja jangan diharapkan anak langsung bisa minum dengan rapih, kemungkinan masih tumpah-tumpah. Tapi justru dari pelajaran ini anak akan bisa berusaha untuk mengatur kemiringan gelas (kemampuan motorik halusnya terasah), dan akhirnya bisa minum dengan rapih.. ;-)

  44. dini March 15, 2011 at 3:55 am #

    Halo tips..

    wah, baby ku sama spt nya baby nya Reni.
    Sekarang 8m 3w, mgg depan 9m, tp belum bisa duduk sendiri.
    Tapi dia paling seneng klo di berdiriin dan di titah (tp kakinya ga nopang badannya, masih kita yg nopang badannya).
    trus, belum bisa merangkak, tapi maunya ngesot.
    gigi nya baru 2 dibawah.
    seminggu lalu sempet batuk pilek n dibawa ke dokter, BB nya 7.3kg, kt dokter nya BB nya kurang, gmn caranya naikin BBnya ya? soalnya makannya lumayan kok.
    Oia, dia jg masih ASI, blm Sufor.
    Apa ada keturunan krn ayah sama bundanya juga kurus2.. :D

    Trs uda 2 hari ini feses nya agak encer, kaya mencret, tp frekunesi nya tetap normal, hanya teksturnya aja, kembali seperti waktu blm MP, makannya sekarang masih bubur saring..kira2 kenapa ya?

    Kata sodara saya, klo abis batuk berdahak mgkn agak encer feses nya karena dahaknya dikeluarkan melalui feses..bener gtu gak sih?
    tapi uda 2 hari ini, sejak obat puyer dr dokternya habis…

    • tipsbayi March 18, 2011 at 4:44 pm #

      @ dini,

      Sama ya..? Anda jangan khawatir dengan bayi Anda yang belum bisa merangkak, karena perkembangan setiap bayi berbeda dan bersifat individual.. Terlihat perkembangan kemampuan bayi Anda NORMAL saja.. Bahkan adakalanya bayi tidak melewati proses merangkak tapi langsung jalan, atau merangkaknya diganti dengan ngesot.. itu NORMAL.. dan semua bayi tidak sama..

      Anda juga benar.. bisa saja kurus karena turunan.. ;-)

      Feses bayi memang umumnya tidak berbentuk, bisa seperti pasta/krem, berbiji (seeded), dan bisa juga seperti mencret/cair.. Apakah mencretnya bayi Anda disertai dengan rewel dan susah makan? Anda jangan terlalu khawatir selama tidak disertai oleh keluhan-keluhan lain, seperti nafsu makan anak yang menurun, terdapat darah pada BAB, muntah, anak lebih rewel, berat badan menurun, dan lain sebagainya.

      Apabila memang hanya batuk flu saja, Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-5 hari, dengan memberikan ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.., untuk batuk berdahak pada bayi agak sedikit lama karena bayi belum bisa membuang dahaknya sendiri..

      Penyebab penyakit flu adalah virus yang umumnya akan mereda dalam waktu 3-5 hari. Hingga saat ini pun sebenarnya belum ada obat mujarab untuk membunuh virus. Jadi saran kami susui terus saja dengan ASI, ASI seperti diketahui, mengandung zat-zat kekebalan tubuh (imunoglobulin) yang tidak terdapat pada susu formula. ;-)

      Berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.. pola makan yang teratur dengan gizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh..

  45. dyan February 24, 2011 at 3:29 am #

    Hi tips bayi,
    Babyku umurnya 8,5 bulan, belum bisa merangkat tapi sudah mulai belajar berjalan dengan di tetah, giginya juga sudah ada 4. Bbnya 9,1kg. Sudah 2 minggu ini babyku susah makan, bahkan sudah bisa dibilang gak mau makan sama sekali, padahal sebelumnya makannya lancar lancar saja. sempat saya paksa makan, jadinya ia malah menangis, ia hanya mau minum susu formula, itupun gak lancar2 amat. Soalnya sebelumnya dia hanya minum asi dan air putih, jadi kemampuan ngedot botolnya agak kurang, karena takut babyku kurang gizi jadi kutambahkan susu formola. Tolong berikan saran ya TB gimana biar nafsu makan babyku ada lagi, apa boleh diberikan vitamin penambah nafsu makan?

  46. Anonymous February 24, 2011 at 3:28 am #

    Hi tips bayi,
    Babyku umurnya 8,5 bulan, belum bisa merangkat tapi sudah mulai belajar berjalan dengan di tetah, giginya juga sudah ada 4. Bbnya 9,1kg. Sudah 2 minggu ini babyku susah makan, bahkan sudah bisa dibilang gak mau makan sama sekali, padahal sebelumnya makannya lancar lancar saja. sempat saya paksa makan, jadinya ia malah menangis, ia hanya mau minum susu formula, itupun gak lancar2 amat. Soalnya sebelumnya dia hanya minum asi dan air putih, jadi kemampuan ngedot botolnya agak kurang, karena takut babyku kurang gizi jadi kutambahkan susu formola. Tolong berikan saran ya TB gimana biar nafsu makan babyku ada lagi, apa boleh diberikan vitamin penambah nafsu makan?

    • tipsbayi March 2, 2011 at 4:29 am #

      @ Anonymous/ dyan,

      BB bayi Anda bagus.. perkembangannya pun termasuk baik.. Jangan Anda paksa bayi Anda untuk makan hingga bayi Anda menangis, ditakutkan nantinya akan trauma..

      Memang ada kalanya bayi susah makan atau nafsu makannya menurun.. Maka kita harus jeli dan sabar mencari penyebabnya.. ;-)

      Selain Anda harus selalu memvariasikan makanan bayi Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda..

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      Untuk mendorong anak Anda makan makanan yang bervariasi, Anda bisa mencoba:

      • Membuat makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      • Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      • Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      • Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikitsedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun bayi Anda akan berterima kasih suatu hari nanti!

      Untuk pemberian vitamin penambah nafsu makan atau vitamin apa saja, sebaiknya Anda konsultasikan pada DSA. Saran kami, tidak harus memberikan suplemen yang macam-macam. Dengan ASI dan makanan bergizi sudah modal besar untuk mencetak anak sehat. Kalaupun Anda ingin memberikan vitamin selalulah konsultasikan dengan DSA Anda.. ;-)

  47. Reni Novianti February 1, 2011 at 3:54 am #

    Dear tips,

    Anakku lana sekarang umurnya 9m2w. Sampe skg blom bs duduk sendiri. Baru bisa duduk miring ditopang sama kedua tangannya itu pun sebentar. Dia blom bisa merangkak, tp dalam posisi tengkurap menarik perutnya(apa itu ngesot saya juga tdk tau). Bbnya 7,8kg tinggi 72cm. Gmn caranya anak saya supaya bs ddk sendiri n merangkak? Apa yg harus saya lakukan? Oh ya giginya dah tumbuh 2 diatas n2 dibawah.

    Makasih sebelumnya tips.

    • tipsbayi February 8, 2011 at 4:01 am #

      @ Reni Novianti,

      Anda jangan khawatir perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, jangan heran ada bayi yang tidak merangkak tetapi ngesot.. Tetapi perkembangannya harus melalui tahapan jangan ada tahapan yang dilewat. Maksudnya, contoh belum belajar duduk sudah ditatah untuk belajar berdiri.. ini jelas tidak dianjurkan karena pinggang dan tungkainya belum siap..

      Jadi berikan rangsangan untuk bayi Anda sesuai dengan tahapannya.. ;-) Bayi Anda NORMAL kok..

      Oh ya.. Untuk melatih bayi Anda duduk sendiri, Anda bisa mencobanya dengan BERTAHAP, menyandarkan dengan kemiringan yang cukup, lalu menopangnya dan untuk seterusnya Anda bisa sedikit demi sedikit melepaskan pegangan Anda sampai bayi Anda bisa duduk tegak..

      Bila bayi Anda sudah bisa duduk sendiri Anda bisa lebih leluasa melatih merangkak. Jadi Anda harus sabar dan telaten melatih dan menunggu bayi Anda duduk tegak sendiri dulu lalu belajar merangkak dengan menstimulasinya..

      Namun, koordinasi tangan ataupun kaki yang baik tidak harus dengan merangkak saja. Mungkin saja saat itu bayi berguling dengan bagus dan dia menggunakan tangannya, atau bayi duduk dengan menggerak-gerakkan kakinya atau ngesot seperti bayi Anda..

      Jadi, merangkak yang merupakan transisi antara duduk dan berdiri ini, tidak harus ada pada setiap bayi. Ia bukan milestone atau tonggak penting perkembangan, seperti halnya duduk ataupun berdiri yang memang harus ada.

      Pendek kata, merangkak tak dipakai sebagai suatu patokan penting untuk pertumbuhan. “Bukan sebagai kunci penting. Ada anak yang tanpa merangkak dan langsung berdiri juga boleh-boleh saja.” Juga tidak berkaitan dengan kecerdasannya, lo. Karena kecerdasan, kan, tidak tergantung dari merangkak saja, tapi pada perkembangan lainnya.. ;-)

  48. bunda marina January 13, 2011 at 7:00 am #

    tipznya berguna bgt ya….putri saya skrg dah 9 bulan. tapi Queen lebih suka berdiri daripada merangkak, apakah itu normal?? coz saya baru menjadi ibu baru…. putri saya juga mempunyai pusar yang sangat besar bgt, sebenarnya saya sangat kwatir tentang itu , tp kata orang tua pada saat bayi sudah bisa berjalan bisa hilang. tapi sampai sekarang kok belum ya..? apa yang harus saya lakukan??

    • tipsbayi January 15, 2011 at 3:16 am #

      @ bunda marina,

      NORMAL kok.. ;-) Naluri bayi memang begitu, pasti akan lebih menyukai kemampuannya yang terbaru..

      Tali pusarnya besar tapi bukan membesar kan..? Kalau tidak ada pembesaran atau pembengkakan, Anda jangan khawatir.. itu biasa, nantinya akan proporsional juga..

  49. Nauli - mommy Kayla January 6, 2011 at 10:18 am #

    Dear Tips bayi,
    Ketemu lagi yah, Kayla sekarang pas 9 bulan. BB 9.2 kg TB 82 cm, giginya sudah 6 dan sudah bisa berdiri, bahkan mau berjalan kalau dititah.
    Pertanyaan saya :
    1. MPASI, adalah bubur nasi + ikan + sayuran, tapi masih diblender ? Apakah sudah bisa diberikan nasi tim kasar ? Kalau nasi tim apa di blender juga ?
    2. Pola tidur Kayla rutin tapi cenderung lama. Pertanyaan saya
    Kayla gak bisa kalau tidak minum susu walaupun habis makan bubur nasi , apakah tidak apa-apa ?
    Pola tidur yang cukup lama saat siang apakah tidak apa – apa ?

    jadi pola rutinitas nya adalah sbb :

    06.00 : ASI/ susu formula.
    08.00 : bubur tim (ditambah sufor sehabis makan)
    11.00 : buah (karena baru bangun)
    14.00 : bubur tim/ nasi lembek. (ditambah sufor sehabis makan)
    16.00 : buah (karena baru bangun)
    19.00 : Nasi tim/ nasi lembek. (baru bangun lagi ditambah sufor sehabis makan)
    21.00 : SUFOR 3 kali dari tidur jam 22.00 sampai bangun lagi pagi jam 6

    • tipsbayi January 8, 2011 at 8:13 am #

      @ Nauli – mommy Kayla,

      1. Kayla sudah 9 bulan..? Sudah boleh kok Anda berikan nasi tim, hanya saja tetap Anda rubah tekstur makanannya dengan bertahap..

      2. Susu formula..? atau ASI..? Boleh saja Anda berikan susu lebih tapi jangan sampai mengurangi porsi MPASI-nya. Untuk pola tidur memang pertama akan seperti itu, pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh, pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

      Dan untuk pola rutinitas Kayla sudah bagus.. tinggal pintar-pintarlah Anda memfariasikan menu makanannya agar Kayla tidak cepat bosan.. ;-)

  50. jeani January 5, 2011 at 7:47 am #

    Thanx tips tuk infonya sangat cocok untuk farrel yg sekarang dah 9M 1minggu…perkembangan farrel sangat cocok dengan artikel diatas, Alhamdulillah, namun kira kira kapan ya farrel bisa belajar jalan? soalnya skarang dia dah bisa berdiri sendiri dgn pegangan pd satu tangan….apa dah boleh di titah??? bahaya ga tuk perkembangan kakinya??? ngomong2 kartu flash nya bisa dibeli dimana yaa???
    oh iya satu lg bisa ga ya saya mendapatkan info terbaru dari setiap artikel terbaru dari tips??
    thanx

    • tipsbayi January 8, 2011 at 8:00 am #

      @ jeani,

      Farrel sudah bisa berdiri sendiri ya.. berarti Farrel sudah bisa dititah.. tidak berbahaya, asal hati-hati saja jangan sampai terlalu memaksa.

      Seperti yang sudah kami beritahukan pada grace dan yang lainnya, Anda bisa mencoba tips sederhana untuk mengajari Farrel jalan dengan cepat.. Ajarkan Farrel berjalan dengan mendorong kursi plastik kecil atau galon air mineral besar.. Dengan begini maka Farrel akan lebih termotifasi untuk cepat belajar jalan.. Akan tetapi HARUS selalu Anda dampingi.. ;-)

  51. grace December 27, 2010 at 6:14 pm #

    btw,menurut tips bayi air putih kurang baik ya???tetapi setelah makan apa tidak minum air putih???cos anak saya tidak suka air putih kalo sudah makan disodorin botol isi air putih pasti marah2 ataupun disendoki air juga ga mau baik pake sedotan ato gelas bergagang juga tidak mau….saya takut sakit tenggorokan…..
    akhirnya saya akalin dengan memberi seujung sendok madu pada airnya baru mau minum air putih….aman kah??cos takut kebiasaan sampe besar ga mau air putih….ada tips kah??
    thx

  52. grace December 27, 2010 at 6:07 pm #

    cocok banget tuh tips nya dengan anak saya yang baru saja 9 bulan,beratnya masih 9 kg tergolong kurus ato ndutt ya???perut sedikit membuncit apakah normal??ato cacingan ya???makannya kira2 4-6sendok orang besar sekali makan n minum sufor 200cc. sehari sudah 3 kali makan nasi tim ama buah dan 3 kali sufor seperti jadwal dari tips bayi…..
    Giginya sudah 6 apakah waktunya pakai sikat gigi??selama ini pakai sikat karet pi***n suka digigit2 n saya gesek2an pada gusinya dan setiap pagi hari saya pakaikan pasta gigi cu***n dikit banget boleh ga ya???cos katanya kalo tidak diajarkan ntar susah sikatnya…yg susah ajarin berkemuhnya jd sering saya siramkan air putih di mulutnya….minta tips donk gimana……….kalau malam cuman sikat karet doank digesek2an pada gigi n gusinya……..
    Anak saya sudah mulai merambat n naik sana sini tp kalo pake babywalker ga mau n dititah juga ga mau…saya coba gandeng dengan suami/teman baru mau diajak jalan mungkin liat saya ikut jalan kali….apakah sudah boleh dilakukan???takut kalo kakinya tidak kuat….tapi emang sudah bisa berdiri lama ga pegangan cuman kalau jalan kadang masih lebar2 langkahnya n tidak menjinjit………brp lama boleh dilatih digandeng???
    Pertanyaan terakhir anak saya ga ada kendala dengan makanannya semuanya masuk…..bahkan keadaan darurat nasi pun dimakan ketika bepergian,biasanya masih nasi tim…..yang jadi pertanyaan apakah sudah boleh makan nasi???perlu diketahui saat makan nasi tim babnya saya liat masih ada warna orange dari wortel ato merah dari semangka saat mengkonsumsi makanan tersebut….
    tanya ya….sayuran apa saja yang boleh buat baby 9 bl cos slama ini cuman buncis,bayam merah/hijau,sawi hijau/putih,kacang polong,wortel,gubis putih/merah.
    thx

    • tipsbayi January 8, 2011 at 6:39 am #

      @ grace,

      # BB bayi Anda termasuk ideal dengan usianya

      # Perut buncit seperti apa ya..? Biasanya perut bayi memang tidak sama dengan perut anak atau dewasa. Masih terlihat buncit.. Kami yakin bayi Anda tidak cacingan.. ;-)

      # Memang benar setelah lebih dari 6 bulan kebutuhan susu semakin berkurang karena anak sudah mengenal makanan sehingga cukup diberikan 300 – 400 cc per hari..

      # Giginya sudah ada 6.. Tentunya akan lebih baik apabila kegiatan menggosok gigi sudah diperkenalkan kepada anak sejak usia dini. Begitu bayi mulai erupsi gigi sudah harus langsung dibersihkan. Bahkan sebenarnya sebelum erupsi gigi pun mulut Bayi sudah harus dibersihkan. Misalnya, setiap habis minum ASI atau susu, mulut bayi langsung dibersihkan. Bisa dengan cara memberi minum air putih sedikit setiap kali bayi selesai menyusui atau menggunakan kapas untuk membersihkan lidah, gusi, dan jaringan di sekitar mulut bayi. Setelah bayi agak besar dan gusinya agak lebih kuat bisa digunakan kain kasa. Caranya, gunakan kain kasa yang dililitkan di telunjuk, lalu celupkan ke dalam air hangat agar lembut, barulah digunakan untuk membersihkan gusi, lidah dan sekitar mulut. Jika sejak bayi sudah dibiasakan dibersihkan mulutnya, anak akan merasa bahwa hal itu memang sudah merupakan satu pola, setiap habis minum susu atau makan harus selalu dibersihakan.

      # Untuk pasta gigi.. sebaiknya Anda kunjungi link berikut.. http://www.tipsbayi.com/racun-dalam-produk-mandi-bayi.html

      # Apabila bayi Anda sudah bisa berdiri dan merambat, berarti bayi Anda sudah siap di titah atau digandeng. Meskipun demikian Anda jangan sampai terlalu memaksakan.. Untuk latihan jalannya, ada tips sederhana.. Ajarkan bayi Anda berjalan dengan mendorong kursi plastik kecil atau galon air mineral besar.. Dengan begini maka bayi Anda akan lebih termotifasi untuk cepat belajar jalan.. Akan tetapi HARUS selalu Anda dampingi.. ;-)

      # Nafsu makannya bagus.. Untuk nasi sebaiknya Anda awali dahulu dengan nasi lembek dan jangan lupa.. untuk perubahan tekstur makanan sebaiknya Anda lakukan dengan cara bertahap..

      # Semua sayuran sudah boleh Anda berikan, Untuk sayuran Anda bisa memberikan sayuran 5 warna biru/ungu, hijau, putih/kecoklatan, kuning, merah.. termasuk sawi dan kangkung sudah boleh kok.. ;-) Pilihlah menu dengan buah dan sayuran. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan 5 porsi kecil (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

      # Pemberian air putih ini merupakan insting langsung para orang tua untuk menghindari dehidrasi dan biasanya bayi suka sekali, tetapi terlalu banyak air dapat menganggu keseimbangan cairan dalam tubuh bayi. Susu (terutamaASI) merupakan cairan yang terbaik untuk tetap menjaga bayi yang belum banyak memakan makanan padat dari ancaman dehidrasi, bahkan untuk bayi dibawah 6 bulan jangan dberi minum air putih, meskipun anak Anda 7 bulan ada baiknya bayi Anda jangan diberi terlalu banyak air putih dulu, cukup diberikan untuk mendorong makanan saja, perbanyaklah ASI atau sufor..

  53. uminya arfan December 1, 2010 at 4:44 am #

    dear tips
    baby ku sudah 8.5 bulan sebaiknya kapan ya diajari untuk bilingual bahasa…kdg2 sdh saya ajak bahasa ingg bisa diteruskan ato msh nunggu usia 1 thn gt.????tq ya

    • tipsbayi December 7, 2010 at 7:10 am #

      @ uminya arfan,

      Mengajarkan anak bahasa asing bisa dimulai sejak usianya di atas 4 tahun, karena pada saat itu anak sudah mengerti bahasa ibunya dan memiliki struktur bahasa yang kuat. Mulailah mengajarkan hal-hal yang sederhana, misalnya belajar angka, warna atau bentuk. Jadi sebaiknya lihat juga sisi kemampuan dari si anak, apakah anak sudah kuat struktur bahasa ibunya (bahasa Indonesia) atau belum.

      Ajaklah bayi Anda bebicara mulai sejak dini meskipun bayi Anda sepertinya belum mengerti apa yang Anda ucapkan.. ;-)

  54. uminya arfan November 16, 2010 at 4:00 am #

    dear tips…
    baby ku dah 8 bln..udh pny 4gigi….boleh gak diajari untuk sikat gigi?????
    dia jg ku kasih makan telur ayam….seneng banget sich tapi setiap habis makan telur ayam kyknya dia kok jd ngantukkan ya????emg telur ayam ada efek gt ya buat baby???

    • tipsbayi November 22, 2010 at 1:02 am #

      @ uminya arfan,

      Benar sekali.. Tentunya akan lebih baik apabila kegiatan menggosok gigi sudah diperkenalkan kepada anak sejak usia dini. Begitu bayi mulai erupsi gigi sudah harus langsung dibersihkan. Biasanya erupsi gigi terjadi saat bayi berusia 6 bulan, namun ada pula baru mengalami erupsi gigi di usia setahun. Sebenarnya sebelum erupsi gigi pun mulit Bayi sudah harus dibersihkan. Misalnya, setiap habis minum ASI atau susu, mulut bayi langsung dibersihkan.

      Bisa dengan cara memberi minum air putih sedikit setiap kali bayi selesai menyusui atau menggunakan kapas untuk membersihkan lidah, gusi, dan jaringan di sekitar mulut bayi. Setelah bayi agak besar dan gusinya agak lebih kuat bisa digunakan kain kasa. Caranya, gunakan kain kasa yang dililitkan di telunjuk, lalu celupkan ke dalam air hangat agar lembut, barulah digunakan untuk membersihkan gusi, lidah dan sekitar mulut. Jika sejak bayi sudah dibiasakan dibersihkan mulutnya, anak akan merasa bahwa hal itu memang sudah merupakan satu pola, setiap habis minum susu atau makan harus selalu dibersihakan.

      Dengan begitu, pada saat anak memasuki usia batita, ia sudah terbiasa dibersihkan mulutnya dan tak sulit untuk mengajarkan menggosok gigi. Sikat gigi baginya bukan merupakan benda asing, bukan sesuatu yang mengerikan dan menyakitkan karena memang sudah dibiasakan. Sayangnya, kebanyakan orang tua kurang mengerti. Jadi, habis diberi susu, bayi dibiarkan langsung tidur. Para ibu juga takut bayinya akan muntah kalau mulutnya dimasuk kapas. Padahal, tidak. Itulah mengapa, bila sejak bayi tak dibiasakan dibersihkan, anak akan marah ketika digosok giginya di usia batita. Anak se-usia ini, kan, masih bersifat reject , menolak.

      Tapi, tak perlu cemas, Bu.. Kendati awalnya si kecil menolak, percayalah, lama-lama ia akan mau juga digosok giginya. Namun, dengan syarat, tak dipaksakan, melainkan dengan memberi contoh dan sambil bermain. Selain itu, jangan berharap si kecil akan segera pandai menggosok gigi. Awalnya malah pasti akan belepotan ke mana-mana saat menggosok gigi, tak apa-apa. Yang penting, jangan sampai ada bagian yang terluka.. ;-)

      Telur bisa diberikan kepada bayi sejak umur 6 bulan, tetapi pemberiannya bagian kuning terlebih dahulu karena bagian putih telur dapat memicu reaksi alergi. Alergi itu efek yang mungkin dialami oleh sebagian kecil bayi saja. Ngantuk itu efek dari kekenyangan.. :-)

  55. Bunda Elmira October 31, 2010 at 6:29 am #

    ak slalu smangat klo buka tipsbayi, infonya sangat membantuku yg msh br pertama kali pny bayi =) terus post info2 terbarunya yah …

    • tipsbayi November 2, 2010 at 3:17 am #

      @ Bunda Elmira,

      Terima kasih Bunda atas dukungannya.. Tunggu saja ya info-info selanjutnya.. Stand by terus saja disini deh.. ;-)

  56. mama gischa October 29, 2010 at 2:16 pm #

    hi tips mau tanya ni…gischa sekarang umurnya 9bulan 2minggu boleh engga tips saya sering kasih gischa makanan laut seperti udang cumi & kepiting sebagai lauknya.tp gischa lahap makannya….

    • tipsbayi November 2, 2010 at 3:15 am #

      @ mama gischa,

      Gischa sudah 9 bulan setengah.. Dan terlihat Gischa tidak alergi dengan ikan laut.. Maka boleh saja bahkan bagus jika Gischa diberikan ikan laut.. Hanya jangan lupa memfariasikan makanannya dan memberinya minimal satu kali jadwal makan buah.. ;-)

      Berikan makanan dengan gizi seimbang. Pemberian gizi tidak hanya satu segi saja, tetapi harus seimbang antara pemberian protein, karbohidrat, lemak, kalori, dan vitamin..

  57. nelvia October 19, 2010 at 12:48 pm #

    anak sy razi umrny 9bln kurang seminggu brtny 9kg….gigi dah 4,skrg razi dah bs merangkak pki perut gitu….ttp razi blm bs duduk sndri…normal g sih tips,,,,takut bgt nih,,,,,razi dah mli memanjat tp br bs dikit,,,,makasih tips infony…gmn cr melatihny spy bs du2k sndt

    • tipsbayi October 21, 2010 at 4:18 am #

      @ nelvia,

      BB Razi bagus.. Ideal. Anda jangan khawatir, perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, banyak faktor yang mempengaruhi termasuk keturunan.. Belum bisa duduk sendiri.. Anda jangan terlalu khawatir berikan saja rangsangan terus agar bayi Anda lebih terbantu dan termotifasi.. ;-)

      Memang terkadang ada bayi yang tidak melewati proses merangkak. Ada yang ngesot atau ada juga yang seperti Razi.. NORMAL kok..

      Melatih duduk sendiri, Anda bisa mencobanya dengan BERTAHAP, menyandarkan dengan kemiringan yang cukup, lalu menopangnya dan untuk seterusnya Anda bisa sedikit demi sedikit melepaskan pegangan Anda sampai bayi Anda bisa duduk tegak..

  58. umi al akhyar October 19, 2010 at 9:44 am #

    salam tips yang tipsnya sangat bermanfaat dan sangat membantu…
    mohon saranya tips : al akhyar umurnya 9 bulan tgl 23 0ktbr nanti makannya kok susah banget ya,sudah 3 minggu ini yaitu semenjak beralih ke makana yang agak kasar (bubur),akhyar hanya mau makan 2-3 kali suap itupun sulit ,sampai badanya tambah kurus…apa yang harus kami lakukan ya tips ! trims atas saranya.

    • tipsbayi October 21, 2010 at 4:09 am #

      @ umi al akhyar,

      Adakalanya bayi tidak ada atau berkurang nafsu makannya. Selain Anda harus memvariasikan makanannya, Anda juga harus mencari PENYEBABNYA..

      Bisa saja sedang kurang sehat, ada yang tidak enak yang dirasakannya ..

      Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda.. :-)

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…
      * Biarkan dan biasakan bayi Anda makan sendiri agar perkembangan motoriknya terbantu..

      Untuk mendorong anak Anda makan makanan yang bervariasi, Anda bisa mencoba:

      • Membuat makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      • Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      • Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      • Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikitsedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun bayi Anda akan berterima kasih suatu hari nanti!

  59. Amih Fardhan October 13, 2010 at 3:57 pm #

    malam tips….
    Manfaat pemberian MMR tuh apa?
    fardhan 9,5 bln berat 7,8 belum bisa merangkak, belum tumbuh gigi, makan dan minumnya lahap tp dia aktif sekali, udah bs bilang mbah, aba, nggeh, berrrrr,…. seneng sekali liat perkembangan dia tp kyknya kurang gemuk dikit ya, kira2 MPASI yg baik to dia apa ya dan untuk ukuran makannya gmn, kan umur 9 makannya 9 sendok, takarannya sendok makan ato sendok bayi?
    thanks tips ditunggu ya jwbnnya….

    • tipsbayi October 15, 2010 at 3:37 am #

      @ Amih Fardhan,

      Imunisasi MMR memberi perlindungan terhadap campak, gondongan dan campak Jerman dan disuntikkan sebanyak dua kali.

      Jangan terlalu khawatir dengan BB Fardhan, BB-nya masih normal karena masih pada rata-rata 80% BB normal untuk bayi Indonesia.. ;-)

      Makannya lahap dan aktif itu pertanda sehat.. Untuk MPASI-nya agar pertumbuhan tulang atau tinggi maupun beratnya tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP..

      Untuk takaran makannya.. Anda bisa gunakan sendok makan..

      Pertahankan ASI.. !

  60. Novi Bunda Fiorenza October 11, 2010 at 10:28 pm #

    Hi tips bayi.. Ni skrg babyku Fio udah 9.5 bln.. BB 9kg TB 82cm Udah tmbuh 4 gigi, 2 di atas n 2 di bwh, udh suka mkn nasi tim+lauk/syur, lg suka mkn biscuit yg keras, kalo dikasi finger food wortel ato kntang dia ga mau lgsg dilempar.. Aktifitasnya jg mkin mningkat, sneng kalo dilihatkan gmbr ank kcil d majalah suka ngoceh2, klo liat iklan tv ada ank kcil jg ketawa2 sndri.. di tetah jg uda lncar jalannya. Yg jd prtnyaan sy adl ttg pola tdurnya.. Fio biasa tdur jm 22.00-06.00 ap ud bnar? Trus klo mo tdur minta dinenenin, gmn ya sbaiknya? Aktvitas apa yg sbaiknya dilakukan spy Fio bs tdur tnpa hrs nen2 ASI trus2an..? sy khwtir jd kbiasaan yg sulit diubah..

    • tipsbayi October 15, 2010 at 3:23 am #

      @ Novi Bunda Fiorenza,

      BB Fio bagus.. TB-nya termasuk tinggi pada usianya, jadi tidak terlihat gemuk ya..?
      Di usia yang sudah lebih besar ini, Anda sebaiknya mulai menentukan waktu tidur malam dan siangnya pada jam yang sama, sebagai pembentuk pola tidurnya. Jam tidur yang baik bagi bayi adalah antara 19.00 – 20.30 lebih larut dari waktu tersebut, biasanya si kecil akan kelelahan, dan sulit tidur.

      Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh.

      Akan tetapi jangan khawatir dengan pola tidurnya.. pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

      Menyusui sebelum tidur boleh saja.. Meskipun sebaiknya menyusui adalah sesuai jadwal, akan tetapi Anda boleh memberikan ASI sesuai permintaan Fio.. ASI terus-terusan..? Padahal itu bagus lho.. Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun.. ;-)

  61. tipsbayi October 1, 2010 at 2:47 am #

    @ Jawab No. 158,

    Jangan terlalu khawatir dengan BB bayi Anda, BB bayi Anda masih normal karena masih pada rata-rata 70% BB normal untuk bayi Indonesia..

    pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat..

    Menyusunya banyak sudah menandakan bayi Anda sehat.. Kecil bisa saja turunan lho.. ;-)

    Dan untuk perkembangan kemampuannya dan pertumbuhan giginya Anda jangan khawatir, karena perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Termasuk pertumbuhan gigi. Pada setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan gigi yang sama. Faktor keturunan sangat berpengaruh..

    Mungkin Anda dan/atau suami Anda pun memiliki sejarah yang sama dengan bayi Anda… :-)

    Apabila pada usia 14 bulan belum ada tanda tumbuh gigi barulah Anda konsultasi dengan dokter ahli gigi.. ;-)

    Agar pertumbuhan tulang atau tinggi maupun beratnya tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP..

    Dan perencanaan pola makan dengan gizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.. Pertahankan ASI.. !

  62. tipsbayi October 1, 2010 at 2:29 am #

    @ yuniar,

    Es Krim boleh.. Asal Anda berikan pada waktu jauh dari jadwal makannya atau pada jadwal makan buah atau juga tersendiri, agar nafsu makan Khayla tida terganggu.. :-)

    Bayi yang terganggu pola tidurnya memang bisa berakibat tidak baik kepada kesehatannya.. Sedangkan kesehatan dan perkembangan Khayla baik-baik saja kan..?

    Lamanya Khayla tidur sudah cukup.. Hanya waktunya saja yang sedikit harus berubah.. ;-)

    Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh, pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

    Ketika si kecil berusia 6 bulan, sebenarnya secara fisik ia sudah mampu tidur sepanjang malam. Bagaimana si kecil tidur sangat tergantung pada apa yang dipelajarinya tentang tidur dan polanya pada usia sebelumnya.

    Namun belum terlambat, Anda dapat melatihnya membentuk pola tidur yang baik pada usia ini, dengan cara:

    o Menetapkan waktu tidur malam dan siang

    Ketika si kercil masih bayi baru, Anda menandai waktu tidurnya dengan memperhatikan tanda-tanda mengantuk yang ia tunjukkan (menggesek mata, menarik telinga, dll). Di usia yang sudah lebih besar ini, Anda sebaiknya mulai menentukan waktu tidur malam dan siangnya pada jam yang sama, sebagai pembentuk pola tidurnya. Jam tidur yang baik bagi bayi adalah antara 19.00 – 20.30; lebih larut dari waktu tersebut, biasanya si kecil akan kelelahan, dan sulit tidur.

    Bayi mungkin saja tidak terlihat lelah saat larut malam – sebaliknya bayi akan terlihat energik. Tetapi percayalah: Ada tanda-tanda tertentu yang akan diperlihatkannya jika ia melewati jam tidurnya. Anda juga dapat menentukan waktu tidur siangnya sama seperti menentukan waktu tidur malam.

    o Bentuklah rutinitas sebelum tidur

    Jika hal ini belum Anda lakukan sebelumnya, inilah saat yang tepat untuk memulai rutinitas sebelum tidur (biasanya malam hari). Misalnya, membersihkan badan bayi, menggantik pakaiannya, membaringkannya di tempat tidur, membacakan cerita pengantar tidur, memberikan ciuman selamat tidur. Rutinitas yang dilakukan dengan urutan yang sama setiap malam, akan membentuk kebiasaan dan konsistensi pada anak.

    o Bangunkan si kecil pagi hari

    Jika bayi Anda cenderung tidur lebih dari 10 – 12 jam setiap malam, bangunkan ia pada pagi hari, agar jam biologisnya kembali normal. Bayi perlu mengikuti pola tidur-bangun yang regular dan mengumpulkan tenaganya saat tidur siang. Bangunkan ia setiap pagi pada jam yang sama, dengan cara ini, Anda membuat ia beristirahat setiap siang pada waktu yang sama.

    Kesulitan yang mungkin muncul

    Ketika si kecil masih bayi baru, bangun tengah malam dan pola tidur negatif – tergantung pada belaian, tepukan – adalah masalah tidur yang dihadapi. Tetapi ketika mencapai usia 3 – 6 bulan, bayi dihadapkan pada kesulitan tertidur.

    Jika bayi Anda sulit jatuh tertidur pada malam hari, pastikan ia tidak tidur terlalu malam. Jika bukan ini masalahnya, maka mungkin saja si kecil mengembangkan pola tidur negatif. Saat ini bayi harus belajar tidur sendiri, tidak karena ia ditepuk-tepuk, dibelai, atau dibiarkan menghisap dot.

    Menyusu pada malam hari

    Tujuan yang dikembangkan pada usia ini adalah mulai menegaskan waktu tidur. Dengan cara ini, ketika si kecil terbangun pada malam hari, ia tidak akan mencari ASI untuk membuatnya kembali tertidur.

    Jodi Mindell: Hapus kebiasaan menyusu pada waktu tidur, agar bayi tidak mengasosiasikan menyusu dengan waktu tidur. Selama menyusu tidak dihubungkan si kecil dengan waktu tidur, Anda dengan baik bisa memastikan bahwa saat si kecil terbangun di tengah malam, benar-benar hanya karena ia lapar. Bukan karena membutuhkan sekadar penenangan untuk kembali tertidur. Langkah lain yang dapat dilakukan adalah membangunkan si kecil dan menyusuinya sebelum Anda berangkat tidur.. ;-)

  63. yuniar September 27, 2010 at 3:29 pm #

    hi tips….khayla berusia 9 bulan perkembangan nya cukup bagus. saya dan keluarga tinggal di middle east,yg cuacana sangat amat panas, yg saya tanyakan anak seperti khayla menggemari ice cream apa boleh? dan pola tidur khayla tdk seperti bayi2 yg lain apa karena di sebabkan karena suhu udara dsini? jd klo malam khayla br tertidur jm 2 dini hari dan bangun jam 10 siang sampai jm 14.00 br tertidur lg bangun jm 15.30. mandi dan tertidur lg jam 18.00 sampai jm 20.00 setelah itu khayla sangat kuat melek sampai jm 2 dini hari… apa itu bgs dgn pekembangannya? saya sudah berusaha amat sangat untuk merubah pola tidur nya tp ga bsa. mohon tips ya. makasi

  64. tipsbayi September 7, 2010 at 1:19 am #

    @ bunda Shafiyyah,

    Mengenai BAB, sepertinya Anda bisa menemukan banyak informasi di: http://www.tipsbayi.com/index.php/bayi-sembelit-susah-buang-air-besar-pada-bayi

    Baca juga semua tanggapan yang ada di bawah artikel, insya Allah banyak masukan yang bisa Anda ambil darinya.

    Sebenarnya selama anak Anda aktif, kemungkinan besar tidak ada masalah pada kesehatannya.

    Mulailah membiasakan bayi atau anak menggosok gigi sedini mungkin. Gunakanlah kain yang lembut atau sikat gigi khusus bayi. Pada bayi memang belum dianjurkan untuk memakai pasta gigi, tapi anda bisa memakai air yang bersih untuk membersihkan gigi bayi anda. Membersihkan gigi bisa dilakukan sedikitnya satu kali sehari dan sebaiknya dilakukan sesaat sebelum anak tidur di malam hari.

    Pasta gigi baru bisa diberikan saat anak sudah berusia diatas 2 tahun. Bantulah anak untuk menggosok giginya sebab bila mereka melakukan sendiri terkadang tidak menjangkau keseluruhan gigi. Mereka baru bisa menggosok gigi dengan baik setelah berusia diatas 7 tahun.

  65. bunda Shafiyyah September 1, 2010 at 8:10 am #

    Thanks tips atas infonya..tp mang kadang sya kalah cepat..jdnya dia keburu terantup..:(..sya jg kasian..smga tidak terjadi apa2 kelak..skrg BAB Shafiyyah agak keras ya..apa karena sya beri pisang tiap hari..apakah BB bayi menjadi patokan sehat/cerdasnya?karena memang anak sya terlihat kecil tp aktif sx..makannya memang tidak terlalu banyak..oh ya 1 lg,bagaimana cara membersihkan gigi Shafiyyah..

  66. tipsbayi September 1, 2010 at 3:51 am #

    @ bunda Shafiyyah,

    Wah, jangan sering terantuk dong Bu kepalanya… kasihan :(
    Kalau bisa coba bungkus kayu ranjang tidur Anda menggunakan bahan yang empuk dan awasi dia ketika bermain.

    Mengenai puding, selama tidak ada efek negatif yang tampak pada kesehatannya, silahkan saja diberikan kepada Shafiyyah…

    @ zar,

    Coba baca artikel: http://www.tipsbayi.com/index.php/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan

  67. tipsbayi September 1, 2010 at 3:45 am #

    @ nita mungcal,

    1. Silahkan baca artikel berikut: http://www.tipsbayi.com/index.php/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan

    2. Rata-rata tahan sampai 3 jam, tapi Anda bisa melihat di kemasan susu formulanya, biasanya terdapat petunjuk mengenai hal tersebut.

    3. Beberapa orang tua akan kebingungan begitu mendapatkan kulit bayinya kemerahan, kering, mengelupas, dan berjerawat. Anda tentu tidak ingin mengalami nasib serupa dengan orang tua tersebut. Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah bayi anda mengalami masalah pada kulitnya yang lembut.

    Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang sangat sensitif. Sesuatu yang sebenarnya tidak mempunyai efek yang berarti pada kulit sensitif orang dewasa, pada kulit bayi bisa mempunyai efek yang besar. Lingkungan tempat bayi berada merupakan salah satu faktor penting dalam perawatan kulit bayi. Handuk, selimut, sprei, pakaian, merupakan bahan bahan yang selalu bersentuhan dengan kulit bayi kesayangan kita. Pastikan anda sudah mencuci semua bahan dan alat tersebut dengan sabun khusus hipoalergi yang dibuat khusus untuk bayi. Pilihlah pakaian bayi berbahan lembut dan longgar. Untuk menjaga kehangatan bayi, gunakanlah beberapa lapis pakaian dengan bahan yang lembut, jangan menggunakan bahan yang berbulu dan tebal.

    Saat mandi, gunakanlah sabun dan shampo yang dibuat khusus untuk bayi. Sabun dan shampo orang dewasa sangat tidak cocok untuk kulit bayi, meskipun sabun dan shampo tersebut diperuntukan bagi kulit sensitif. Memandikan bayi yang baru lahir tidak dianjurkan terlalu sering. Memandikan terlalu sering menyebabkan bayi rawan terkena hipotermi dan kulit bayi menjadi kering dan mengelupas.

    Ingat selalu untuk melindungi kulit bayi anda dari terik sinar matahari saat berjalan jalan di luar rumah. Walaupun sebenarnya mereka memerlukan udara yang segar dan cahaya matahari, ada baiknya anda menghindari cahaya matahari yang menyengat di siang dan sore hari. Pilihlah sinar matahari pada pagi hari karena terbukti pembentukan vitamin D pada tubuh sangat terbantu dengan adanya cahaya matahari pagi hari. Bila terpaksa mengajak bayi anda keluar rumah pada siang hari, lindungilah kulit mereka dengan pakaian yang memadai. Gunakan lotion pelindung matahari bila diperlukan dan gunakan yang memang aman untuk kulit bayi.

  68. tipsbayi September 1, 2010 at 3:35 am #

    @ Amih Faeyza,

    Coba Anda baca artikel berikut: http://www.tipsbayi.com/index.php/bepergian-membawa-bayi-berusia-di-bawah-1-tahun

    Jangan lewatkan juga berbagai tanggapan terhadap artikel ini, soalnya banyak informasi yang bisa membantu Anda…

  69. tipsbayi September 1, 2010 at 2:30 am #

    @ nova,

    Pada dasarnya, jika ia memang sudah bisa mengunyahnya dengan baik dan tidak ada reaksi negatif (mencret, sembelit, dsb), pada usia ini Anda boleh saja memberikannya. Namun yang perlu diperhatikan adalah kandungan MSG-nya. Banyak kerupuk yang mengandung MSG dan ini tentu saja tidak baik untuk si kecil…

    Tomat dan pepaya sangat baik untuk bayi karena mengandung vitamin A. Vitamin ini berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas bayi. Selain itu sangat baik untuk kesehatan mata, sehingga terhindar dari kemungkinan terjadi penyakit buta senja pada anak.

    Saat memberikan sari buah tomat pada bayi, kulit ari dan biji tomat harus dipisahkan terlebih dahulu karena keduanya tidak dapat dicerna oleh pencernaan bayi. Pastikan juga tomat yang berikan memang sudah matang sehingga rasanya dominan manis…

  70. zar August 30, 2010 at 5:22 pm #

    dear tips……….
    anakku skg usia 9,5bln…berat bdnnya 9,5kilo,mknnya msh bubur susu.dia sangat pintar&aktif.saya ingin menanyakan dari usia brp mulai dikasih bubur tim?soalnya stiap saya kasih dia tidak pernah mau,apakah ntar anaku nanti susah makan nasi?

  71. bunda Shafiyyah August 30, 2010 at 8:32 am #

    Assalamualaykum tips..Shafiyyah skrg umurnya 8,5 blan..BBnya 7,5kg..tinggi 71cm..dia aktif sx..saking aktifnya kadang waktu berdiri berpeganggan suka kejedot tembok n kayu (t4 tidur dari kayu)..apakah tidak apa2 klo terlalu sering kepalanya..alhamdulillah perkembangannya sesuai dengan yg tips berikan..sudah tumbuh gigi 4..oh ya saya suka membuatkan puding memakai tepung agar2 dicampur sufor (shafiyyah tdk suka klo diberi sufor lgnsg) apakah tdk apa2 tepung agar2..sampai skrg masih ASI..

  72. nita mungcal August 29, 2010 at 5:48 pm #

    Halo tips bayi….anak saya 9 bulan 14 hari.

    1. Apa udah boleh dikasih nasi tim kasar ?

    2. Kalo susu botol di simpan di warmer udah nyampe 3 jam engga boleh diminum lagi ya ? khan masih hangat ?

    3. Kalo kulit bayi kering ,,,ada saran engga pake apa ? temen saya bilang kasih minum susu kambing biar bagus kulitnya. Apa bener ya, tips bayi ?

    Thanks ya,,,,ditunggu reply nya

  73. Amih Faeyza August 28, 2010 at 2:10 pm #

    Dear Tips Bayi,
    sebentar lagi menuju Hari Raya Idul Fitri, faeyza udah 9 bulan lebih 1 minggu, nanti akan mudik menggunakan jalan darat lewat pantura n juga pakai pesawat.yang pastinya berlama-lama menikmati kemacetan.Bagaimana tips nya yaa biar aman selama perjalanan n kesehatannya juga gak terganggu..
    Makasih Banyak ya Tips…

  74. nova August 27, 2010 at 1:04 pm #

    tips, kala bayi umur 9 bulan udh boleh gak makan kerupuk? soalnya anakku suka banget ama kerupuk. oya, satu lagi anakku jg suka banget makan tomat.boleh ga makan tomat mentah (udh dicuci dulu) dengan bijinya? apa benar kalo anak makan tomat dgn bijinya bisa mengakibatkan usus buntu?makasi sebelumnya y tips? aq tunggu jawabannya….

  75. tipsbayi August 24, 2010 at 7:07 am #

    @ nova,

    Memang perkembangan setiap bayi tidak mungkin sama. Tahapan perkembangan yang Anda baca di manapun merupakan tahapan secara umum. Namun begitu, jika memang Anda khawatir dengan perkembangan bayi Anda, sebaiknya Anda bicarakan dengan dokter Anda. Apalagi untuk mengetahui si kecil kekurangan kalsium dsb, tentu tidak bisa hanya lewat situs seperti ini…

    Mudah-mudahan buah hati Anda sehat…

    @ risma,

    Selama bayi aktif, sebenarnya orang tua tidak perlu terlalu cemas. Dan memang merangkak bukanlah tahapan “wajib” bagi bayi. Ada yang bisa langsung berdiri tanpa merangkak terlebih dulu. Secara sekilas bayi Anda masih tampak normal…

    Mengenai MPASI, silahkan baca: http://www.tipsbayi.com/index.php/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan

  76. risma August 24, 2010 at 5:42 am #

    dear tips…..

    tips irene tgl 25 ini genap 9 bln, tapi blom bisa merangkak ato dia bisanya ngesot kadang2 sih dia angkat pantatnya terus dia lgsg jatuh… cuman dia aktif juga kalo digendong nga mau diam, maunya turun,,, dan dia maunya berdiri…. dan bb nya 10 kg… apakah dia normal tips??? kalo giginya uda numbuh 6.. yg bwh 2 dan atas 4. tip apakah nanti dia lgsng berjalan ato merangkak dulu?? dan kira2 umur brp idealnya bayi bisa berjalan? dan makannya uda bisa nasi tim kasar blom? apakah masih perlu diblender.
    thanks ya tips. aku tunggu jawabannya….

  77. nova ns August 23, 2010 at 7:52 am #

    tips, anakku umurnya udh 9bln 7hr. n baru bisa duduk seminggu sblum usianya 9 bln. tp, sampai hari ini duduknya msh blum tegap. agak goyang2 gitu.. n punggungnya jg krg tegap.. apa itu normal? sy khawatir skali, takut bungkuk.. apakah dia kurang kalsium tips?? tlg masukannya ya tips..

  78. tipsbayi August 23, 2010 at 3:40 am #

    @ Amih Faeyza,

    Normal kok Bu… Mengenai sufor, memang 1-2 jam. Amannya 1 jam, maksimalnya 2 jam…

  79. Amih Faeyza August 22, 2010 at 6:18 am #

    Dear Tips,
    Faeyza tgl 24 ini genap 9 bulan,berat badannya 9kg ideal gak ya??makannya sudah nasi tim.Allhamdullilah makannya semangat terus dikala sakitpun dia tetap makannya,tips faeza pakai SUFOR berapa lama waktu untuk masa susu didalam dot, ada yang berpendapat 1 jam dan 2 jam jadi yang lebih baik berapa lama yaa??
    Makasih ya Tips, ditunggu jawabanyya…

  80. tipsbayi August 20, 2010 at 2:20 pm #

    @ bunda fano,

    Coba Anda baca artikel: http://www.tipsbayi.com/index.php/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan

    …mungkin bisa memberikan pencerahan. Mengenai alergi, pada umumnya seiring dengan waktu bisa hilang. Pada banyak kasus, bayi yang alergi susu sapi misalnya, ketika usianya menginjak 2-3 tahun ternyata masalahnya tidak timbul lagi. Coba konsultasikan ke dokter, sehingga Anda bisa tahu lebih dalam mengenai penyakit Fano dan cara mengatasinya…

  81. bunda fano August 19, 2010 at 1:15 pm #

    Ass.. tipsbayi, fano udah berusia 9 bln, saya memberikan bubur yang sudah tidak disaring. Tapi cuma bubur tim sayur bayam, wortel, dan labu, saya tidak pernah campurkan dgn hati, ikan ataupun lainnya karna kulit fano sangat sensitif sekali, salah makan atau menggunakan minyak telon kulitnya bintik2 merah dan terkadang dia bosan dgn makanan yang setiap hari yang saya berikan. Tolong yah tipsbayi saya binggung apa yang harus saya lakukan dan bagaimana cara menghilangkan kulit bayi yang alergi? dan bolehkh saya sewaktu-waktu buburnya saya campur dgn ikan atau hati? saya juga minta tips membuat kreasi bubur bayi?

  82. tipsbayi August 11, 2010 at 6:18 am #

    @ nita,

    Untuk puding boleh saja. Silahkan Anda lihat salah satu puding yang bisa Anda buat untuk si kecil: http://www.tipsbayi.com/index.php/yuk-buat-puding-apel-nasi-tuk-si-kecil

    Boleh mulai Anda perkenalkan dengan nasi tim. Berikut salah satu contoh jadwal pemberian MPASI untuk bayi 9-12 bulan:

    06.00 : ASI/ susu formula.

    08.00 : bubur susu.

    10.00 : buah.

    12.00 : bubur tim/ nasi lembek.

    13.00 : ASI/ susu formula.

    14.00 : bubur susu/ biskuit/ snack.

    16.00 : ASI/ susu formula.

    18.00 : Nasi tim/ nasi lembek.

    19.00 : ASI/ susu formula.

  83. nita mungcal August 9, 2010 at 1:58 am #

    hello tips bayi..

    baby saya 7 hari lagi 9 bulan,,,apa boleh dikasih puding ?

    trus buburnya apa mulai agak keras…karena sekarang masih lembut banget dan

    disaring…please,,ditunggu pendapatnya .Thanks banget,tips bayi

  84. tipsbayi August 3, 2010 at 2:20 am #

    Ummu Rumaisa,

    Sepertinya kondisi bayi Anda masih dalam kategori normal kok, tidak ada yang tidak wajar. Mengenai masturbasi pada bayi, seperti yang kami tuliskan sebelumnya, biasanya dengan bertambah umur akan hilang sendiri.

    Mungkin istilahnya saja ya yang membuat kita agak “risih”. Namun sebenarnya itu merupakan salah satu kebiasaan bayi yang bisa hilang seiring dengan waktu.

    Oya, untuk perkembangan bayi 10 bulan, Anda bisa melihatnya di:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/bayi-10-bulan-beberapa-hal-penting

  85. Ummu rumaisa July 31, 2010 at 11:01 pm #

    Dear tips,seneng deh bs dpt tips sputar bayi.mdh2n tips2′a k dpn’a smakin mnarik.oya tips bayi q jg dh 9 bln 2 minggu dh tmbh gi2 3,mrayap,aktif bgt bb’a 8,5kg tp tips knp y rumaisa sangking aktif’a d stiap mw tidur pasti hrs mnangis,ap itu bagian dr aktif’a?pdhl mkn’a lahap wlpn trkdg agak susah untuk suapan pertama’a.trus tips rumaisa jg trkadang sk gregetan sambil mnghentakn kaki’a dr usia 3 bln,klo aq bc komen d atas kjadian’a spt masturbasi baby.ap itu normal?nke tips d tgu artikel prtmbhn 10 bln’a…

  86. tary July 31, 2010 at 2:53 am #

    Aq punya ponakan usia 11 bln, tapi saat ini tdk mau merankak,, tetapi ngesot,,, klo di suruh berdiri tidak mau,,,,kakinya dak mau nempel sama lantai,,,tetapi sudah tumbuh gigi.
    Normalkan ponakannku seusia tersebut .
    terima kasih.

  87. tipsbayi July 16, 2010 at 7:23 am #

    mama nya chelsea:

    Chelsea sudah diberi MPASI ya.. :-)
    Usia 5 bulan diberi es krim.. lebih baik Anda tunggu sebentar lagi sapai usia 6 bulan..

    Es krim boleh diberikan untuk bayi di atas 6 bulan sebagai camilan karena kandungan gizinya sama dengan susu. Rasa yang dipilih boleh apa saja; vanila, cokelat, stroberi dan lainnya tergantung pada selera bayi. Akan tetapi paling baik adalah Anda sendiri yang membuat es krim, karena akan terhindar dari es krim yang terlalu manis.. Anda bisa membuatnya contoh dengan bahan bubur kacang hijau dicampur susu dan diblender kemudian dibekukan dan diblender lagi. Bayi juga menyukai fruit milk shake dari buah dengan es krim vanila dan susu yang diblender.

  88. mama nya chelsea July 11, 2010 at 1:23 pm #

    tips,chelsea skrg umurnya 4bln lbh 3mggu,saat umur 4,5bln sdh saya kasih biskuit bayi yg dicampur sufor(encer2 aj) 2x sehari,pagi dan sore,alhmdllh ga’ad mslh sm chelsea,rencananya umur chelsea 5bln ntr mo saya ksh ice cream,blh ga’ ya?

  89. tipsbayi July 8, 2010 at 4:14 am #

    abu nibras:

    Memang perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda. Adakalanya cepat atau sedikit lambat. Banyak faktor yang mempengaruhi. Namun untuk mengetahui lebih jelas sebaiknya Anda membawanya ke DSA agar mendapatkan pemeriksaan yang akurat..

    Anda jangan terlalu khawatir, kami yakin bayi Anda baik-baik saja.. ;-)

  90. ummu khansa July 6, 2010 at 12:07 am #

    Tips, anakkusebentar lagi 10 bulan. belum ada artikel mengenai perkembangan bayi 10 bulan ? :) terimakasih

  91. Anna July 5, 2010 at 7:07 am #

    Anakku sekarang tepat berusia 9 bulan, tapi masih belum tumbuh gigi. apakah masih dalam batas normal ? saya udh coba merangsang pake teether, biscuit bayi dan nasi timnya diblender kasar. Bila ada benda apa saja di depannya pasti di gigit2 tp belum juga tumbuh giginya. Saat ini anakku udh mulai belajar berjalan dan bisa berdiri sendiri dengan cara berpegangan pada kursi, meja atau orang yg berada didekatnya. Tolong dong tips, ada ga resep nasi tim buat bayi usia 9 bulan dan yg bisa merangsang pertumbuhan giginya. Ditunggu tipsnya, Makasih….

    Bundanya Danish

  92. reni July 5, 2010 at 6:01 am #

    anak saya umur 9 bulan… beratnya cuma 7,2… dia akhir2 ini males makan… dia juga g suka susu formula udah 2 kali ganti apa gara2 nya g bisa botol? sampai saat ini dia masih asi…. apa yang harus saya lakukan tolong tip2nya dong…

  93. Ibunya Razi July 5, 2010 at 4:23 am #

    Tips… sekarang Razi sudah 10 bulan, sekarang makannya agak susah, biskuit nggak mau, dia malah suka krupuk/opak, pokoknya yg kriuk2 & gurih gitu….kmrn sy tanya sm temen ttg menu makanan, sy disaranin bikin sup jagung, jd jagung diparut halus ditambah wortel parut (diambil airnya), trs buat gurih2nya ditambah keju…..tapi aku masih ragu mo ngasih keju. Gimana ya??apa nggak pa2 anak 10 bulan dikasih keju?? Terima kasih Tips

  94. abu nibras June 30, 2010 at 2:02 pm #

    Anaka saya umur 9 bulan tetapi kondisinya dia belum bisa merangkak,berdiri bahkan duduk pun belum bisa.Apakah kondisi tersebut ada kelainanari otot atau pun dari syarafnya? yang membuat ia malas bergerak atau aa sebab lain?

  95. tipsbayi June 29, 2010 at 6:19 am #

    ummukhansa:

    Sama-sama.. ;-)

  96. ummukhansa June 25, 2010 at 3:12 pm #

    Terima kasih Tips :)

  97. tipsbayi June 24, 2010 at 4:38 am #

    ummu khansa:

    Waduh… Mohon maaf nih.. Tidak ada maksud lain kok.. :-)

    Berarti Khansa sekarang usianya 9 bulan 2 minggu ya..? Belum tumbuh gigi? Anda jangan khawatir.. pertumbuhan gigi pada setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan gigi yang sama. Faktor keturunan sangat berpengaruh..

    Mungkin Anda dan/atau suami Anda pun memiliki sejarah yang sama dengan bayi Anda.. ;-)

    Jika bayi Anda hingga berusia 14 bulan masih belum memiliki SATU gigi pun, Anda bisa bawa konsultasi ke dokter gigi..

    Adakalanya nafsu makan berkurang, itu biasa. Anda jangan khawatir kalau minum ASI-nya masih banyak. Bisa jadi akan tumbuh gigi..

    Tepat sekali pendapat Anda tentang air putih. Air putih.. Memang benar biasanya bayi suka sekali air putih, tetapi terlalu banyak air putih dapat menganggu keseimbangan cairan dalam tubuh bayi. Susu (terutamaASI) merupakan cairan yang terbaik untuk tetap menjaga bayi terutama yang belum mendapat makanan padat dari ancaman dehidrasi..

    Bahkan untuk bayi dibawah 6 bulan jangan dberi minum air putih, meskipun nantinya anak Anda sudah 7 bulan ada baiknya bayi Anda jangan diberi terlalu banyak air putih dulu, cukup diberikan untuk mendorong makanan saja, perbanyaklah ASI atau sufor..

    Dimana bayi Anda sudah tidak mendapat lagi asupan ASI atau sufor yaitu sekitar dari balita ke atas maka Anda lebih leluasa memberikan air putih..

  98. tipsbayi June 24, 2010 at 4:03 am #

    bunda salma:

    Dari usia 9 bulan sampai 12 bulan Anda sudah bisa mengenalkan makanan dalam bentuk tim atau teksturnya seperti tim..

    Anda rubah secara bertahap tekstur makanannya sehingga sedikit demi sedikit menjadi tekstur tim tanpa saring. Bisa juga dengan cara sering memberikan makanan selingan sebagai pengganti makanan pokoknya. Seperti puding, kue mangkuk, biskuit dll. Agar bayi Anda terbiasa dengan tekstur yang agak padat.. ;-)

  99. ummu khansa June 24, 2010 at 4:02 am #

    tips pertanyaan saya keselip ya :)

  100. tipsbayi June 24, 2010 at 3:23 am #

    ibunya azzam:

    Sama-sama.. ;-)
    Semoga tambah lucu dan sehat..

  101. tipsbayi June 24, 2010 at 3:19 am #

    kiki:

    9 bulan lebih 2 minggu ya.. Memang terkadang lain dokter lain juga pendapatnya, ada yang berpendapat “Jika sampai 12 bulan belum mendapatkan imunisasi campak, maka pada usia 12 bulan harus diimunisasi MMR”. Ada juga pendapat “Jika terlambat imunisasi campak sampai 12 bulan tunggu saja sekalian 15 bulan untuk imunisasi MMR jadi tidak perlu campak”. Satu lagi “Samapi usia 1 tahun imunisasi campak boleh diberikan..”

    Bahkan ada yang sama sekali tidak memberikan imunisasi pada semua anaknya..

    5-12 hari setelah bayi mendapat imunisasi campak, biasanya bayi akan demam dan timbul bintik merah halus di kulit. Anda tidak perlu mengkhawatirkan reaksi ini karena ini sangat normal dan insya Allah akan hilang dengan sendirinya..

    Saran kami konsultasilah dengan DSA Anda yang biasa memberikan imunisasi kepada bayi Anda.. Lalu yakinkan dengan pendapat Anda jangan ragu.. ;-)

    Apabila memang hanya batuk flu saja, Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, dengan memberikan banyak ASI atau minum susu dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.. Berikan ketenangan hindarkan bayi Anda sering menangis..

  102. bunda salma June 23, 2010 at 2:46 am #

    Dear tips,

    Salma 9 bln, brt’nya 7,2kg sampe saat ini masi di kasi nasi tim saring, karena klo tdk disaring dia makannya dikit. Yg saya mau tanyakan sebaiknya usia brp bln baby udh di kasi nasi tim (tanpa disaring) dan bagaimana pengenalannya agar dia mau mkn nasi tim tanpa saring?

  103. ibunya azzam June 20, 2010 at 2:54 pm #

    terima kasih tips atas penjelasanya…………..azzam masih ASI emang gak mau dengan susu formula,walau saya coba dikit2

  104. kiki June 20, 2010 at 7:49 am #

    Dear tips
    Mau tanya nieh anaku kan sdh 9 bln lebih 2 mgg,
    wkt mau di imunisasi campak dia demam,jadi telat deh ,sekarang dia lagi rewel ,batuk dan pilek,mau tanya paling telat kapan bayi harus sdh diimunisasi campak???,trus apa efeknya dari emunisasi campak,
    ditunggu jawabanya ya tips ..segera kalo bisa ..
    thank you

  105. tipsbayi June 14, 2010 at 7:54 am #

    ibunya razi:

    Razi lahir dengan selamat dan sekarang Razi sehat kan..? Anda jangan terlalu khawatir Insya Allah Razi baik-baik saja, karena resiko yang berat adalah ketika bayi Anda kekurangan air ketuban yang sangat diperlukan ketika bayi Anda masih dalam kandungan, dan Alhamdulillah sekarang bayi Anda sudah melewati masa krisis itu dengan selamat..

    Maka Anda sekarang bisa memantau sejauh mana kondisi kesehatan Razi sekarang dengan bimbingan DSA.. ;-)

    Biasanya jika dokter sudah mengijinkan Anda dan bayi Anda pulang berarti keadaannya sudah normal dan tidak harus banyak yang dikhawatirkan..

    Bahkan perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan kok.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal.. ;-)

  106. ibunya razi June 14, 2010 at 3:33 am #

    6 hari sebelum razi lahir, saya mengeluarkan air ketuban, dan itu terjadi tiap hari bisa sampai 2x sehari, waktu melahirkan saya dianjurkan untuk ke RS, karena bidan tidak berani ambil resiko karena air ketuban udah keluar dulu..(saya benar2 tidak tau kalau itu adalah ketuban, saya kira cairan biasa) proses lahirnya razi memang agak sulit, saya di induksi atau di pacu lewat suntikan dan obat, ketika lahirpun razi langsung diambil cairan dari mulutnya, . . apakah tidak ada resiko dikemudian hari, atau ketika razi beranjak besar nanti???saya sangat kuatir , karena kemarin teman saya bayinya meninggal dalam kandungan dikarenakan ketuban sudah pecah dan tidak segera dibawa ke RS…..mohon jawabannya

  107. tipsbayi June 12, 2010 at 3:53 am #

    ibunya azzam:

    Wah.. Menggemaskan.. Harus ekstra hati-hati deh.. jangan lengah.. ;-)

    Kalau makan lahap memang biasanya minat minum susu akan sedikit kurang. Oh ya.. berarti minumnya masih ASI kan..? Kalau memang Azzam masih senang ASI ketimbang sufor itu bagus.. Jangan sampai posisi ASI digantikan, karena tidak ada satupun sufor yang bisa menandingi kandungan ASI, sekalipun sufor termahal..

    Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

    Dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

    Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

    ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

    Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

    Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

    Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

    Jadi pilih ASI atau sufor…? :-)

    Anda juga bisa baca artikel berikut:

    http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

  108. tipsbayi June 12, 2010 at 3:44 am #

    ibunya Razi:

    Sedikit ya…? Insya Allah tidak apa-apa.. ;-)

  109. tipsbayi June 12, 2010 at 3:42 am #

    bunda adzka:

    1. Rencana yang bagus sekali.. ;-) Apabila produksi ASI belum berhenti atau masih mengeluarkan tetesan ASI maka Anda bisa coba kembali memberikannya. Bisa dengan cara memompanya atau bahkan dengan cara lansung menyusuinya..

    2. Bisa saja dengan deja waktu 4 bulan tersebut bayi Anda menjadi lupa rasa ASI. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk Anda coba kembali, kalau memang ASI Anda masih keluar ini harapan baik.. Telaten dan rajinlah untuk mecoba lagi mengenalkan ASI, jaga nutrisi Anda.

    Jadikan ASI Anda sebagai campuran makanan bayi Anda, selain dengan begini Anda mempromosikan kembali rasa ASI, juga agar produksi ASI meningkat kembali..

    Semoga berhasil.. ;-)

  110. ummu khansa June 10, 2010 at 3:10 pm #

    Khansa sekarang sudah 9 bulan 1hari, alhamdulillah perkembangannya sesuai artikel di atas, belum tumbuh gigi (kaya nya sebentar lagi), 4 hari terakhir ini agak berkurang selera makannya (asupan karbohidratnya berkurang), tapi minum ASI nya malah lebih sering. Bagus tidak yah?
    Sampai sekarang saya memberi air putih hanya sesudah makan saja itu pun beberapa sendok, karena saya fikir untuk cairan bisa di dapat dari ASI. Sudah betulkah tidakan saya? kapan waktu yang tepat memberikan air putih yang banyak. Terima kasih sebelumnya.

  111. ibunya azzam June 10, 2010 at 5:37 am #

    azzam sekarang udah 9 bln,dia sangat lucu sekali..perkembangan sudah kuat berdiri kadang2 bisa bertahan berdiri tanpa berpegangan.gigi bawa udah tumbuh,klu merangkat sangat cpt,mkn pun dia lahap sekali tp dia gak susah minun susu tambahan,gm cara dia mau minun susu formula?

  112. ibunya Razi June 9, 2010 at 6:37 am #

    razi sekarang sudah 9 bln, dari umur 6 bln hampir tiap hari saya kasih air rebusan kacang hijau. Untuk menambah manis biasanya saya tambahkan gula merah/gula jawa sedikit. . . .apakah ini tidak berbahaya????

  113. tipsbayi June 8, 2010 at 7:03 am #

    ruth:

    Perkembangan bayi Anda memang termasuk pesat. Perkembangan kemampuan setiap bayi memang berbeda dan bersifat individual. Tugas Anda adalah merangsang dan membimbing agar perkembangannya baik.. ;-)

    Sepertinya Anda jangan terlalu mengandalkan baby walker, baby walker justru membuat bayi Anda malas untuk berjalan.. Kalau nanti bayi Anda sudah bisa berdiri atau belajar berdiri maka untuk latihan jalannya, ada tips sederhana.. Ajarkan bayi Anda berjalan dengan mendorong kursi plastik kecil atau galon air mineral besar.. Dengan begini maka bayi Anda akan lebih termotifasi untuk cepat belajar jalan.. Akan tetapi HARUS selalu Anda dampingi.. ;-)

    Ada baiknya Anda baca juga artikel berikut:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/baby-walker-perlu-nggak-sih

  114. bunda adzka June 8, 2010 at 12:56 am #

    dear tips..
    asi saya berhenti saat adzka 8 bulan, sebenernya tidak berhenti total juga sih.. sekarang adzka sudah 1 tahun, berarti sudah 4 bulan adzka tidak minum asi.
    namun sampai saat ini, jika (maaf) puting saya saya pijat, masih keluar asi setetes dua tetes.. saya berharap dapat memberikan asi kembali kepada anak saya.
    1. apakah jika di pijat, dipompa atau di stimulus kembali, asi saya dapat mengalir kembali?
    2. apakah jeda waktu 4 bulan adalah wkt yang lama sehingga membuat anak tdk mau kembali ke asi?
    mohon sarannya ya tips, jika masih ada harapan bagi saya untuk memberikan asi lagi, saya akan melakukan apa saja..
    trimakasih tips :)

  115. ruth June 3, 2010 at 3:21 pm #

    nih anak saya (perempuan) baru umur 6bln tp kok sdh suka belajar berdiri ama manjat guling ya?anak saya ini emg agak terlalu cepat perkembangannya,umur 2,5 bln sdh tengkurap,5bln lbh 1 mgu sdh bs duduk n skrg (6bln 1mgu) sdh mau belajar berdiri..enaknya gmn ya?apakah sdh boleh pake baby walker?kira2 ciri2nya anak yg sdh bs ditaruh di baby walker tuh gmn ya?tlg advice nya..hehehe..makasihh…

  116. tipsbayi May 28, 2010 at 1:38 pm #

    Mama Aira:

    Perkembangan bayi Anda bagus.. Memberikan ASI eksklusif pilihan terbaik..

    Untuk MPASI-nya Anda bisa memberikan
    - bubur susu, susunya bagusnya ASI
    - Sereal yang dicampur dengan ASI/sufor
    - Pure pisang
    - Pure kentang
    - Pure apel
    - Pure wortel
    *untuk pure bagusnya dicampur dengan ASI agar BB bayi Anda stabil

    Berikut ini contoh jadwal pemberian MPASI untuk bayi yang bisa Anda ikuti:
    (jadwal ini adalah untuk bayi berusia 6-9 bulan dan diterapkan secara bertahap)
    bisa juga Anda coba berikan pada Aira..

    Pukul 06.00 (bangun tidur)
    ASI/PASI

    Pukul 08.00 (makan pagi)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 10.00
    Buah segar/ biskuit

    Pkl. 12.00 (makan siang)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 14.00 (sebelum tidur siang)
    ASI/PASI

    Pkl. 16.00
    Buah segar/ biskuit

    Pkl. 18.00 (makan malam)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 21.00
    ASI/PASI

    Selamat mencoba..

    ASI bisa sesuai permintaan bayi Anda.. ;-)

  117. Mama Aira May 21, 2010 at 4:49 pm #

    Anak saya sekarang usia 6 bulan kurang seminggu, berat badan 6.3 kg dan sangat aktif. Usia 5 bulan sudah dapat merayap dan jalan jika dipegang, sekarang ini mulai merangkak menggunakan lutut, duduk sambil pegangan, mengangkat badan dari posisi terlentang hingga berdiri dengan pegangan tapi kadang masih jatuh. Tiap hari dia belajar terus hal2 yang baru dan alhamdulillah anaknya semangat. Saya sebagai orang tua hanya terus merangsang kemauan dia dan tidak pernah memaksakan setiap tahap2 perkembangan ini. Apakah perkembangan ini normal?
    Sampai sekarang masih dapat ASI exclusive tapi kalo liat orang makan sudah minta makan dan memcoba untuk merebut. Rencana pas 6 bulan baru dikasih MP-Asi. Sebaiknya makanan pertama apa yang bisa diperkenalkan kepadanya?

  118. tipsbayi May 20, 2010 at 5:42 am #

    mama kayla angelique:

    Adakalanya bayi tidak ada nafsu makan. Selain Anda harus mencari PENYEBABNYA Anda juga harus memvariasikan makanannya,

    Untuk menambah nafsu makan Kayla, Anda bisa mencoba memberikan air rebusan kacang hijau..

    Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

    * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

    * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

    * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

    * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda.. :-)

    * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya. Seperti omelet, muffin, kue mangkok, biskuit..

    * Anda perlu membiasakan melatih bayi Anda makan sendiri untuk melatih motorik halus dan kasarnya juga melatih kemandirian.. Hanya saja tetap perlu pengawasan dari Anda.. ;-)

    Untuk pemberian vitamin hendaknya Anda selalu mengkonsultasikan dengan ahli gizi atau DSA..

  119. mama kayla angelique May 18, 2010 at 2:00 am #

    Dear tips..
    Anak saya berumur 9bulan dengan berat badan 5,7. Kata DSA anak saya termasud gizi buruk padahal saya sudah memberikan makan&susu ?ªÑg sesuai. Memang anak saya sulit sekali untuk makan. Saya sampai kewalahan menghadapinnya ?ªÑg sangat sulit untuk makan&minum susu. Sampai sekarangpun anak saya belum bisa duduk, merangkak, merayap juga belum, anak saya kalau mengambil barang ?ªÑg di inginkannya dengan cara berguling guling.

    DSA sudah memberikan vitamin ato suplement makan agar anak saya mau makan tapi tetap saja nafsu makannya hanya sedikit. Memang perawakan anak saya kecil panjang 61cm. Sewaktu anak saya lahir berat badannya 2,1kg lalu sekarang lingkaran kepalanya 41cm. Saya sangat kwatir sekali dengan perkembangan anak saya.

    Apa benar anak saya menderita gizi buruk? padahal saya memberikan makanan ?ªÑg bergizi untuk anak saya.

    Apa ada cara agar anak saya mau makan dengan banyak agar berat badannya normal?

    Apakah perkembangan anak saya normal? Dengan kondisi ?ªÑg sebutkan di atas??

  120. tipsbayi May 11, 2010 at 4:28 am #

    poppy:

    ;-) Hmm… Benar bu.. Memang ada “Masturbasi Baby”, yang dimaksud dengan masturbasi baby.. Masturbasi yang terjadi pada bayi, bayi terasa nyaman saat tergesek alat kelaminnya, saat kita melihat bayi seperti kejang, namun dengan kesadaran penuh, kadang hingga berkeringat.

    Biasanya dengan bertambah umur akan hilang sendiri. Sikap kita mengalihkan perhatian bila terjadi masturbasi, jangan melakukan kekerasan, karena secara spikologis anak belum mengerti..

    Tidak ada hubungannya masturbasi baby dengan perkembangan kemampuan bayi Anda merangkak atau duduk.. Untuk perkembangan kemampuan setiap bayi memang berbeda dan bersifat individual. Anda jangan terlalu khawatir.. ;-)

  121. poppy May 8, 2010 at 4:09 pm #

    dear tips, anak saya perempuan usianya 9,5 bln dan dia punya kebiasaan suka menegangkan badannya terutama kakinya sampai akhirnya badannya berkeringat dan kadang2 sampai tertidur. saya sudah konsultasikan dgn DSA dan menurut dia anak saya sedang masturbasi (??) dan katanya itu masih normal.
    apakah benar ada bayi yg bisa masturbasi? kok kedengarannya aneh :) bgmn cara menghilangkan kebiasaan tsb? saya kawatir akan terbawa sampai dia besar.

    satu lagi, anak saya jg blm bisa merangkak dan duduk, baru ngesot saja. apakah ada hubungannya dgn kebiasaannya menegangkan kaki?

    sekian dulu tips, sy tunggu jawabannya…terima kasih

  122. tipsbayi May 3, 2010 at 4:44 am #

    elyana sofia:

    Terima kasih juga buat Anda, kami senang sekali Anda orang malaysia bisa bergabung dan berbagi dengan kami.. ;-)

  123. elyana sofia April 30, 2010 at 7:34 am #

    terima warga indonesia.. atas info bernas :)

    elyan malaysia

  124. tipsbayi April 27, 2010 at 2:09 am #

    umah fathimah:

    Apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

    Boleh saja Anda campurkan sufor dengan makanan instannya, nah.. kalau memang bayi Anda suka maka Anda bisa coba buat bubur sendiri dan berikan campuran ASI/sufornya lebih banyak agar rasanya tidak jauh berbeda dengan rasa makanan pokoknya ASI.. ;-)

    Plastik tertelan ya..? Biasanya memang akan keluar bersamaan dengan fesesnya.. Anda jangan terlalu khawatir.. Lain kali lebih hati-hati..

  125. tipsbayi April 27, 2010 at 1:11 am #

    Anonymous, baya:

    Sebaiknya jangan sampai ada pemaksaan.. karena ini hanya akan membuat bayi Anda trauma dengan suasana makan.. Anda bisa mensiasatinya dengan memberikan camilan yang kaya gizi dan diusahakan buatan Anda sendiri. Misalnya: kue mangkuk, puding, muffin, omelet, biskuit buatan sendiri, bubur kacang hijau dan sebagainya..

    Dan yang tidak kalah pentingnya.. perhatikan minat bayi Anda pada makanannya, pilihlah makanan yang bayi Anda suka, ajaklah berbicara dan tuntunlah untuk belajar mengunyah dan menelan.. ;-)

    Benar.. nafsu makan akan berkurang apabila sedang tumbuh gigi. Terus saja berikan ASI dan istirahat yang cukup, sebaiknya Anda tunda pemberian parasetamol sebelum Anda konsultasi dengan dokter. Jika memang suhunya tinggi tidak turun (> 38,5 derajat Celcius), barulah berikan obat penurun panas atau bawa ke dokter. Jadi, sebenarnya Anda bukan sama sekali tidak boleh memberikan obat kepada anak Anda, hanya saja jangan terlalu mudah memberikannya… baru panas sedikit sudah dicekokin obat.. ;-)

    Perlu diketahui, demam karena penyakit apa pun, dari yang ringan seperti flu atau infeksi ringan, hingga infeksi berat di susunan saraf pusat atau di otak, dapat menggunakan kompres. Seiring dengan kemajuan ilmu kedokteran, telah ditemukan ternyata cara yang paling pas mengompres yaitu menggunakan air hangat bahkan memandikan anak dengan air hangat.

    Pada prinsipnya mengompres adalah memberi kemungkinan agar panas yang ada dalam tubuh dapat mengalir keluar. Panas keluar melalui tempat-tempat di mana pembuluh darah besar yang dekat dengan kulit berada. Maka kalau hanya dahi yang dikompres, kemungkinan yang dingin cuma dahinya, sementara tubuhnya tetap panas. Jadi cara yang benar adalah dengan meletakkan kompres di tempat yang tepat, yaitu di leher, ketiak, dan selangkangan..

  126. umah fathimah April 23, 2010 at 3:24 pm #

    salam tips..saya mau tanya…fathimah suka bubur beras merah tp yg sdh jadi…kl sy bikin sendiri dia kurang suka…. boleh ga bubur beras merah saya campur dg susu formula dan berapa takarannya? ooo iya fathimah anaknya aktif sekali…semua benda kecil yg dia lihat dia pegang dan makan…bagai mana cara mengatsinya…..fathimah juga pernah tertelan plastik, bahay ga ya? apa bisa keluar lewat kotoran…trimakasih

  127. baya April 23, 2010 at 6:49 am #

    dear tips..anak saya lagi sakit panas kayax seh pengen tumbuh gi2 taringx ,sbelumx waktu gi2 serix tumbuh n gi2 bwahx tumbuh dia nga panas,,,,prmasalahan d sni dia kan mnum obat n hrs sesudah makan mnumx ,,gmna y tips carax biar dia mau makan,,biasax ank saya makanx nga susah tp kali ini biar d bujuk bagaimanapun dia te2p nga mau,,apa blh qta paksa asal masuk sedikit makananx n ada efekx klo qta paksa u/ anak qta,,d tunggu jwbanx y.tku

  128. Anonymous April 23, 2010 at 6:35 am #

    dear tips,,,anak saya lagi sakit panas kaya dia mau tumbuh gigi taringx coz air liurx bnyk sekali tp efekx nga mau mkn apa emang slalu begitu y tips,,gmna y u/ nutrisi ank yg nga mau mkn sperti biasax coz anak saya ASI,,sdngkan dia hrs mnum obat…
    tp sbelum mnum obat hrs mkn dulu ,,apa bsa qta paksa ank qta u/ makan ..kira2 buat ank trauma nga ya,,,d tunggu y tips jwbanx

  129. Anonymous April 23, 2010 at 6:31 am #

    Tips nya ok ! tapi untuk anak saya sekarang berumur 8 bulan menuju 9 bulan, sulit sekali untuk makannya, kadang karena kesal dipaksa, apakah itu diperbolehkan? terus bagaimana membuat anak mau makan, atau menelan makanan yang sudah ada dimulutnya?

    itu pertanyaan dari yadi kok blm d jwb ya tips coz sama dengan yang saya alami,,,
    d tunggu y tips jawabanx.tku

  130. tipsbayi April 20, 2010 at 1:58 am #

    zul:

    Adakalanya nafsu makan bayi berkurang.. Selain Anda harus mencari penyebabnya Anda juga harus memvariasikan makanannya,

    Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

    * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

    * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

    * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

    * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda.. :-)

    * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya ..

    * Anda perlu membiasakan melatih bayi Anda makan sendiri untuk melatih motorik halus dan kasarnya juga melatih kemandirian.. Hanya saja tetap perlu pengawasan dari Anda.. ;-)

  131. zul April 16, 2010 at 2:19 am #

    terima kasih… kadang ia tidak mau makan…

  132. tipsbayi April 10, 2010 at 4:09 am #

    Atik Rohmaniyati:

    Apabila tidak ada keluhan dengan ditandai bayi Anda rewel, Insya Allah berarti bayi Anda baik-baik saja.. Anda jangan khawatir, rubahlah kebiasaan menitahnya mulai sekarang dengan kebiasaan yang lain, misalnya dengan merangsang belajar duduk.. ;-)

  133. Atik Rohmaniyati April 10, 2010 at 3:19 am #

    makasih penjelasannya tips..,tapi klo sy sudah terlanjur menitahnya gmn ya..?saya jd khawatir kalo ada yang salah sama anak sy… mohon penjelasannya lagi….

  134. tipsbayi April 10, 2010 at 1:14 am #

    Atik Rohmaniyati:

    Bayi Anda belum bisa berdiri? Apabila memang belum bisa berdiri sebaiknya Anda jangan dulu menitahnya. Jangan ada rangsangan dulu untuk berjalan. Karena kemungkinan besar pinggang dan tungkainya belum kuat dan belum waktunya untuk menopang badan. Sebaiknya Anda melatih dinda untuk belajar duduk dahulu agar pinggangnya terlatih untuk bisa menopang badannya.

    Perkembangan keterampilan motorik kasar pada bayi memiliki tahapan yang tak bisa diganggu gugat. Artinya,setiap tahapan harus dilalui dan dikuasai dulu sebelum bayi Anda berpindah ke tahapan berikutnya. Misalnya, untuk mampu duduk, kepala bayi Anda harus tegak dulu. Sebelum bisa berjalan, bayi Anda harus bisa bangun untuk berdiri dan merambat dulu. Tak pernah terjadi seorang bayi langsung bisa berjalan tanpa berdiri dan merambat lebih dulu.

    Kendati demikian, tak berarti semua bayi akan menguasai suatu keterampilan di usia yang sama. Misalnya bayi A bisa duduk sendiri di usia 8 bulan, maka bayi B mungkin baru bisa melakukannya di usia 10 bulan. Karena,”Perkembangan bayi bersifat individual”

    Agar bayi Anda tidak mudah bosan dengan makanannya, ada beberapa yang harus Anda perhatikan..

    * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

    * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

    * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

    * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda.. :-)

    * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya ..

    * Anda perlu membiasakan melatih bayi Anda makan sendiri untuk melatih motorik halus dan kasarnya juga melatih kemandirian.. Hanya saja tetap perlu pengawasan dari Anda.. ;-)

  135. Atik Rohmaniyati April 9, 2010 at 3:50 am #

    anak saya usia 9bln, tapi sampai sekarang dia blm bisa merangkak/ngesot, untuk duduk sendiri jg blm bisa, tp dia sudah minta ditetah untuk belajar jalan, dan dia mudah bosan dengan makanan yang saya berikan, mohon penjelasannya tips…,makasih…

  136. tipsbayi April 3, 2010 at 12:03 am #

    Ibu restu:

    Sudah sembilan bulan ya.. Sepertinya tumbuh sehat dan lucu.. :-)

    Untuk penyimpanan sayuran dalam lemari es.. Anda bisa potong telebih dahulu jika sulit saat proses penyimpanan, cuci sayuran sampai bersih, keringkan kemudian bungkus dengan kitchen paper, masukan kedalam plastik tertutup, atau kontainer. Untuk setiap sayuran terpisah, karena setiap sayuran mengeluar gas yang berbeda. Sayuran bisa bertahan 1 minggu. Untuk toge/kecambah, agar tidak berair dan cepat busuk terlebih dahulu direbus kemudian ditiriskan sampai kering, baru kemudian diperlakukan seperti sayuran lain. Kentang dan wortel yang tumbuh tunas, buang tunas dan bersihkan kembali kemudian perlalukan seperti sayuran yang lain.

    Buah-buahan, perlakuan terhadap buah-buahan hampir sama seperti sayuran. Untuk buah yang telah dikupas dan akan disimpan lagi sisanya ( seperti melon, semangka, pepaya) terlebih dahulu di bungkus plastik wrapping.

    Bawang bombay, dapat disimpan begitu saja di plastik atau kontainer. Atau disimpan diudara terbuka diluar lemari es. Tunas yang tumbuh dari bawang bombay bisa dikonsumsi/dimakan seperti daun bawang daun atau seledri.

    Pada daun sayuran pada umumnya ada perubahan WARNA pada daun atau batangnya yang berubah dari warna asalnya berarti ada indikasi rusak (terjepit, layu, busuk dll), sebaiknya dihindari mengkonsumsi sayuran rusak.. ;-)

  137. Ibu restu March 31, 2010 at 6:54 am #

    thx tips,,Alhamdulillah anak saya restu tanggal 2 april besok genap berusia 9 bulan.Sampai skg dia persis seperti tips diatas…baru belajar berdiri dan memanjat…Makannya jg lahap.Yang ingin saya tanyakan,,gimana cara menyimpan sayuran dikulkas yang baik.Thx

  138. tipsbayi March 29, 2010 at 3:07 am #

    baya:

    Bayi sakit mau ada yang dibisanya.. itu mitos.. sebenarnya tidak ada hubungan dengan sakit dan perkembangan kemampuan bayi.. :-)

    Memang meler terkadang lama karena bayi belum bisa buang ingusnya sendiri.. ;-)
    Dengan memberikannya ASI dan istirahat yang cukup saebenarnya sudah cukup. Apabila memang sangat mengganggu tidurnya bahkan sesak maka sebaiknya Anda hubungi kembali DSA..

    Dengan mengkonsumsi wortel dan labu terus tidak akan menyebabkan badan bayi Anda jadi kuning kok.. Ya.. tapi sebaiknya Anda fariasikan juga makanannya agar tidak bosan dan bayi Anda mendapatkan asupan gizi yang lengkap..

  139. baya March 26, 2010 at 11:35 am #

    dear tips,,
    mau tanya neh,,,klo beri wortel n labu kuning terus menerus anak qta bisa kuning badan nya,,jadi takut saya

  140. baya March 26, 2010 at 5:30 am #

    dear tips,,,
    anak saya sdh 11 hari flu nya nga sembuh2,,badanx nga panas,nga rewel,,,biasax klo saya beri asi bsokx sdh berhenti melerx,,,hari ke 4 saya bwa ke DSA tp sampe hr ke 11 nga sembuh2,,tidurnya normal aj,,,,kata org ada yg mau di bisanya,,,anak saya umurnya skrg 8 bln setengah,,memang pas lgi meler begini u/ merangkaknya makin lancar,,bener kali y tips ada yg mau di bisax,,,,menuruut tips bagaimana y,,oia saya jg jemur bayi saya di matahari pagi,,,pokoknya saya neh bingung kok sampe lama gitu melernya,,,( dari bayi nga pernah sakit,,pas sakit ya meler ini ),,,ta tnggu jwabanx y tips.tku

  141. tipsbayi March 19, 2010 at 2:34 am #

    Ayah Faiq Mundzir Al-Hakiem:

    Faiq aktif ya..? Insya Allah itu salah satu tanda Faiq sehat.. Bahkan perkembangan kemampuannya cepat..

    Saran.. Setiap kali Faiq menggigit, kalau bisa Anda jangan bereaksi berlebihan dengan teriak, marah atau mencabut paksa (maaf) payudara bundanya yang lagi dihisap.
    Sepertinya reaksi seperti itu justru memancing bayi Anda untuk mengulangi menggigit lagi. Lebih baik ekspresinya diganti dengan meringis pelan. Perlahan jauhkan payudara darinya. Ajak Faiq komunikasi, Bundanya bisa katakan “Jangan ya sayang, bunda sakit..” Setelah itu bundanya bisa menyusui lagi.. Kalau menggigit lagi, ulangi lagi.. Dan jangan sampai lupa sampaikan dengan senyuman.. :-) Insya Allah, kalau Anda atau bundanya menyampaikannya dengan senyum, Faiq akan paham.. Soalnya kecenderungan kita manusia lebih mudah menyerap informasi yang disampaikan dengan senyuman, betul kan?

    Lama-lama Faiq akan paham konsep sebab-akibat..
    Jika Faiq menggigit –> Faiq tidak bisa minum ASI
    Jika Faiq menggigit –> bundanya meringis, sepertinya sakit –> kasian bundaku

    Yang terpenting… JANGAN hentikan pemberian ASI.. ;-)

  142. Ayah Faiq Mundzir Al-Hakiem March 18, 2010 at 7:36 am #

    terimaksh bgt tip dan saran2nya, sangt bermanfaat bgt bagi orang tua khusus’a bagi ortu yg br punya anak sprt sy, anak sy udah msk 9 bln, anaknya luar biasa super aktip ga mau diam mau’a gerak trs smpai bunda’a kewalahan ngadepin dede faiq, dan yg paling sy bingung dede faiq udah tumbuh gigi 4 yang atas 2 yang bawa 2, kebiasaanya suka gigit apalagi klo lg nen sudah sering gigit, sy minta saran dri temen2 tipsbayi. tks

  143. tipsbayi March 17, 2010 at 4:12 am #

    Bunda ARFA:

    Sama-sama.. ;-)
    Hati-hati ARFA masih sangat memerlukan pengawasan Anda..

  144. Bunda ARFA March 15, 2010 at 5:54 am #

    Makasih Tips nya sangat berguna sekali…. Usia ARFA sekarang 9 bulan lebih 7 hari dan sudah mulai belajar naik2 tangga.., giginya sudah 4 (atas 2 bawah 2), Saat ini ARFA gak mau makan Bubur… maunya makan Nasi yg agak empuk… dengan lauk Abon/ikan/Ati… apalagi klau ikan Lele wuih lahapnya hehehe

  145. tipsbayi March 8, 2010 at 4:49 am #

    eka:

    Belum tumbuh gigi? Anda jangan khawatir.. pertumbuhan gigi pada setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan gigi yang sama. Faktor keturunan sangat berpengaruh..

    Mungkin Anda dan/atau suami Anda pun memiliki sejarah yang sama dengan bayi Anda… :-)

    Jika bayi Anda hingga berusia 14 bulan masih belum memiliki SATU gigi pun, Anda bisa bawa konsultasi ke dokter gigi..

    Apel atau pir yang dikukus sebentar tidak akan mengurangi gizinya. Akan tetapi usia bayi Anda sudah 9 bulan sudah boleh And berikan apel dan pir yang tidak di kukus. Anda juga bisa memberikan buah-buahan yang rasanya manis, tekstur seratnya lembut dan tidak berbau menyengat. Seperti: Jeruk baby / jeruk medan, mangga manis, pisang, melon, alpukat, pepaya, pear, apel, dll.

    Bagus Anda membuat makanan sendiri untuk bayi Anda. Nasi tim bisa Anda berikan sampai bayi Anda siap menerima nasi beserta sayur yaitu sekitar usia 1 tahun.. ;-)

  146. eka March 5, 2010 at 2:18 pm #

    tips ada cara untuk merangsang tumbuh gigi g?soalnya baby ku dah 9 bulan lum muncul gigi..dia g mau gi2t teether’nya….oh ya kalo mo kasih buah seperti apel ato pir gmn?biasanya saya kukus sebentar…apa tidak mengurangi gizinya?buah apa aja yg sudah boleh dimakan?nasi tim sampe umur berapa diberikan,soalnya saya buat sendiri makanannya…baby siap makan nasi umur berapa?
    terima kasih,maaf terlalu banyak tanya….

  147. tipsbayi March 5, 2010 at 3:41 am #

    mama wany:

    Berapa bulan usia bayi Anda? Anda lakukan 2x kapan dan kapan ya?

    Imunisasi polio yang harus diberikan sesuai rekomendasi WHO adalah sejak lahir sebanyak 4 kali dengan interval 6-8 minggu.
    Kemudian, diulang usia 1,5 tahun, dan 15 tahun.

    Insya Allah tidak akan apa-apa.. ;-)

  148. mama wany March 2, 2010 at 6:54 am #

    dear tips..saya ibu yg trbilang bodoh yg kurang mmperhatikan imunisasi anak.krna keteledoran saya,anak saya mendapat imunisasi polio 1 sebanyak 2x.
    apakah itu berpengaruh/berdampak buruk pda perkembangan anak saya ?
    mohon penjelasannya biar saya tahu.

  149. tipsbayi February 25, 2010 at 3:13 am #

    Trias:

    Benar.. Susu UHT biasa dikemas menggunakan enam lapis kertas, plastik polyethylene, dan alumunium foil yang mampu melindungi susu dari udara luar, cahaya, kelembaban, aroma luar, dan bakteri. Anda tinggal memilih sesuai selera rasa dan merk. Akan tetapi untuk menjada selera nafsu makan bayi Anda, sebaiknya Anda jangan memberikan susu UHT yang rasanya macam-macam, berikan yang rasanya alami.

    Biasanya produsen susu mencantumkan UHT dalam kemasannya.. ;-)

  150. tipsbayi February 25, 2010 at 2:46 am #

    wienca, mama abdul:

    :-) Hmm.. Giginya sudah tumbuh? Memang usia 9 bulan seharusnya yang Anda berikan nasi tim. Terkadang ada juga ibu yang sudah memberikan nasi dengan kuah sayur.. Pada prinsipnya, hendaknya Anda berikan makanan pada bayi Anda dengan bertahap.. Karena kesiapan setiap bayi pasti berbeda. Adakalanya bayi hanya mau diberi makanan lembek, apabila diberikan makanan sedikit kasar dimuntahkan..

    Jadi yang perlu diperhatikan jika memang Anda akan memberikan nasi+kuah sayur, berikan nasi yang agak lembek mendekati tekstur tim. Untuk kuah sayurnya sebaiknya Anda sisihkan kuah sayur yang belum dicampur dengan bumbu dapur yang bayi Anda belum boleh.. Berikan sedikit dulu lihat reaksinya..

    Air dingin dari kulkas boleh saja. Untuk kebutuhan air putih.. Selama bayi Anda masih mendapatkan ASI atau sufor, Anda bisa berikan seperlunya.

    Meskipun santan boleh-boleh saja Anda bubuhkan dalam makanan bayi Anda akan tetapi sebaiknya santan diberikan setelah bayi Anda diatas 1 tahun..

    Anda bisa menggantinya dengan susu formula, bahkan dengan ayam atau keju, untuk bayi sudah cukup gurih kok.. Berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.

    Untuk bayi Anda yang berusia 9 bulan sudah boleh kok diberi makanan yang dibubuhi margarin atau minyak sayur. Insya Allah makannya akan tambah lahap..

    Tanda-tanda atau gejala cacingan antara lain, perut buncit, badan kurus, rambut seperti rambut jagung, lemas dan cepat lelah, muka pucat, serta mata belekan. Kami yakin Abdul tidak cacingan kok.. ;-)

  151. Trias February 23, 2010 at 12:29 pm #

    Berarti susu UHT itu adalah susu cair yg biasanya sdh dikemas dan byk dipasaran? apa seperti susu i*******k / u****a ? dalam kemasan apa selalu tertulis “UHT” ?
    ( maaf ya tips tanyanya agak parno hi2… daripada keliru..) thanks

  152. mama abdul February 23, 2010 at 4:06 am #

    anak saya usianya udah mau 9 bulan, setiap hari makannya saya kasih nasi sama kuah, masalahnya klau nasinya lembek selalu dia nggak mau makan. apakah ada pengaruhnya bagi pencernaan jika anak saya makan nasi pakai kuah pada usia 9 bulan ?makanan apa aja yang cocok untuk anak saya, masalahnya saya bingung mau kasih makan anak saya, selama ini hanya makan nasi sama sayur bening. apa makanan yang pakai santan boleh ?air dingin dari kulkas baik tidak buat abdul , trus apa tanda2 anak cacingan. makasih sebelumnya tips Bayi.

  153. wienca February 22, 2010 at 6:02 am #

    terima kasih tips bayi…
    oh yah, kemarin nazam imunisasi influenza dan diberi obat cacing serta vitamin, karena menurut dokter, mulai usia 6 bulan bayi suka memasukkan benda apapun ke mulutnya, jadi untuk membersihkan perutnya maka diberikan obat cacing, dan ini dilakukan tiap 3 bulan sekali, sedangkan vaksin flu diberikan 1 tahun sekali mulai usia 8 bulan sebelum imunisasi campak.
    tips, apakah anakk usia 9 bulan sudah boleh makan nasi pakai kuah sayur?
    karena nazam klo melihat kami makan itu dia mau saja, sedangkan klo kami kasih makannya dia ga mau.
    mohon pencerahannya..
    tq
    bunda nazam

  154. tipsbayi February 22, 2010 at 4:31 am #

    wienca bunda Nazam:

    Usia Nazam 9 bulan sudah bisa jalan dan tumbuh gigi.. Perkembangannya bagus.. Walaupun Nazam sering sakit tapi beratnya masih 11 kg.. Apabila memang hanya flu saja, Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-5 hari, dengan memberikan ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok..

    Penyebab penyakit flu adalah virus yang umumnya akan mereda dalam waktu 3-5 hari. Hingga saat ini pun sebenarnya belum ada obat mujarab untuk membunuh virus. Obat flu yang ada hanya sekadar untuk meringankan gejala-gejalanya saja, seperti obat penurun demam, pelega hidung tersumbat, dan pengencer lendir.
    Jadi saran kami susui terus saja dengan ASI, ASI seperti diketahui, mengandung zat-zat kekebalan tubuh (imunoglobulin) yang tidak terdapat pada susu formula.

    Anda bisa mencoba memberikan ASI peras kepada Nazam pada siang hari ketika Anda sedang tidak dirumah.. Anda bisa memeras ASI dan menyimpannya dalam lemari es, ketika akan diberikan bisa dihangatkan terlebih dahulu dengan cara menyimpan botol susu dalam wadah yang berisi air panas..

    Sampai saat ini penyebab autis masih menjadi tanda tanya besar.. Sampai saat ini belum ada satu hasil penelitianpun yang secara tegas menyimpulkan penyebab tunggal dari gangguan yang mengerikan ini.. Jadi Anda jangan terlalu khawatir.. Kami yakin bayi Anda baik-baik saja kok.. ;-)

  155. tipsbayi February 22, 2010 at 3:55 am #

    eka:

    1. Pekembangan kemampuan setiap bayi berbeda, adakalanya bayi ngesot tidak merangkak langsung belajar berdiri lalu jalan.. Ada juga yang ngesot terus merangkak.. Maka apabila bayi Anda suka berjalan mendorong kursi plastik sepertinya bayi Anda tidak akan merangkak tetapi langsung belajar jalan.. Teruskan saja berlatih dengan kursi plastiknya..

    2. Belum tumbuh gigi? Anda jangan khawatir.. pertumbuhan gigi pada setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan gigi yang sama. Faktor keturunan sangat berpengaruh..

    Mungkin Anda dan/atau suami Anda pun memiliki sejarah yang sama dengan bayi Anda… :-)

    Jika bayi Anda hingga berusia 14 bulan masih belum memiliki SATU gigi pun, Anda bisa bawa konsultasi ke dokter gigi..

    3. Bagus makanannya buat sendiri. Untuk BB-nya meskipun memang kurang ideal, pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat.

    Perkembangan kemampuan bayi Anda cukup pesat, itu juga salah satu alasan kenapa BB-nya agak melambat. Untuk saat ini perkembangannya bukan berfokus bukan pada BB tapi pada kemampuan dan aktifitasnya.

    Untuk memastikan apakah bayi Anda masih dalam kategori normal, kurang atau berlebih, Anda dapat mengecek atau membandingkannya melalui kurva Lubchenko yang terdapat pada buku pantau tumbuh-kembang bayi atau KMS (Kartu Menuju Sehat) dari Puskesmas atau Rumah Sakit. Nah, berdasarkan kurva tersebut, parameter untuk mengetahui pertumbuhan bayi tidak hanya dilihat dari pertambahan BB, tapi juga tinggi badan dan ukuran lingkar kepala..

    Agar berat badan bayi Anda tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.

    Untuk porsi dan takaran makan, Anda bisa melihat dari kesiapan bayi Anda.. Sebagai standar patokan Anda, untuk bayi usia 8 bulan berikan 8 sendok makan setiap 1x makan, apabila kurang Anda bisa tambah..

  156. tipsbayi February 22, 2010 at 3:38 am #

    oktia:

    Perkembangannya pesat walaupun seperti tampak beberapa keganjilan, tak perlu buru-buru memvonis anak hiperaktif. “Banyak anak yang kreatif dan aktif tapi tidak hiperaktif. Bahkan, mungkin anak berbakat dan jenius ;-)

    Kami yakin bayi Anda NORMAL, aktif itu tanda bayi Anda sehat, bimbing saja terus bayi Anda dan biasakan sejak dini untuk diajak komunikasi.. Sabar dan telaten..

  157. tipsbayi February 22, 2010 at 3:11 am #

    Trias:

    Zahra masih diberikan ASI kan? Itulah yang terbaik.. Untuk resep berkuahnya Insya Allah dalam waktu dekat ini mudah-mudahan kami bisa segera buat artikelnya..

    UHT dan formula, memang sampai saat ini masih banyak yang bingung menentukan pilihan susu pengganti ASI.. Dan bingung menilai mana yang terbaik kandungan gizinya Antara UHT dan formula.. Perlu diingat keduanya bersumber dari susu yang sama yaitu susu SAPI..

    Bila dilihat dari sisi kualitas susu dengan cara sterilisasi, susu UHT lebih baik dibandingkan cara sterilisasi lain. Proses sterilisasi UHT yaitu dengan pemanasan yang tinggi dan singkat tanpa pengawet, higienis karena bebas dari seluruh mikroba (patogen/penyebab penyakit dan pembusuk) serta spora sehingga potensi kerusakan mikrobiologis sangat minimal, bahkan hampir tidak ada.

    Direkomendasikan pemberiannya untuk bayi diatas 12 bulan. Jumlah yang diberikan berkisar antara 2-3 gelas sehari atau sesuai kemampuan anak. Boleh diberikan untuk bayi 9 bulan akan tetapi perlu dicampur dengan sedikit air.

    Bagaimana dengan susu formula? Susu bubuk berasal susu SAPI segar yang kemudian dikeringkan, umumnya menggunakan spray dryer atau roller dryer. Kerusakan protein sebesar 30 persen dapat terjadi pada pengolahan susu cair menjadi susu bubuk. Kerusakan vitamin dan mineral juga lebih banyak terjadi pada pengolahan susu bubuk. Setelah itu juga susu dibuang lemaknya sebagian untuk jadi susu bubuk rendah lemak (partly skim milk powder) dan dibuang semua lemaknya untuk jadi susu bubuk tanpa lemak (skim milk prowder). Maka apabila bayi Anda menghindari lemak susu, maka susu skim formula ini lebih tepat untuk bayi Anda.

    Jadi yang penting untuk diingat carilah susu yang cocok dan yang dibutuhkan untuk bayi Anda.. Untuk merk.. Sepertinya Anda lebih banyak tahu.. ;-)

  158. Trias February 21, 2010 at 8:20 am #

    Tips, apa beda susu UHT dan susu formula? apa benar nilai gizinya lebih banyak UHT, tolong beri beberapa merk dong untuk susu UHT… thanks

  159. wienca February 19, 2010 at 9:55 am #

    dear tips bayi,

    thx infonya sangat2 berguna khususnya buat saya sebagai ibu muda…
    si nazam usianya 9 bulan dg BB 11 kg, saat mw imunisasi campak dia terserang batuk, akhirnya saya bawa ke dokter dulu, dikasih obat dan menurut dokter sebelum campak harusnya vaksin influenza dulu, agar tubuhnya kebal terhadap flu influenza..
    apakah itu benar , tips?’
    saat ini nazam sudah bisa jalan tanpa bantuan, namun masih goyang-goyang gitu, tetapi untuk bangun sendiri dari duduk dia masih belum lancar…
    tapi giginya baru tumbuh 2 di bawah dan kecil2, namun sakit juga klo menggigit…hehehe
    minta tipsnya donk, biar nazam ga sering-sering sakit terutama batuk pilek, karena nazam say tinggal kerja dan diberi sufor jika siang hari, jatah ASInya hanya malam sepulang kerja hingga pagi sebelum berangkat kerja serta hari libur saja…
    dan kemarin ke dokter sempat diberi info, bahwa nazam kelebihan BB jika seperti itu terus bisa menyebabkan auits.. apakah benar itu?
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih buat ips bayi, biar makin sukses yach….

    salam,
    bunda nazam

  160. eka February 17, 2010 at 3:53 pm #

    oh ya maaf tanya lagi,apa benar bayi lebih baik belajar jalan dengan kursi plastik daripada babywalker?dan berapa porsi tepat makanan bayi pada bulan ke 9..karena kami takut kurang juga takut lebih porsinya…
    terima kasih…

  161. eka February 17, 2010 at 3:48 pm #

    usia anak saya akan masuk bulan ke 9..sejak usia 6 bulan sudah mulai ngesot2,umur 7 bulan sudah dapat duduk sendiri dari posisi tengkurap dan mulai lonjak2…umur 8 bulan sudah belajar berdiri dan mendorong kursi plastik dan mulai melangkah sedikit2.kalo naik baby walker gerakannya terlalu aktif.
    1.apa benar kalo ngesot lebih cepat jalan?karena sudah 2 bulan ngesot koq g merangkak2..tapi lebih suka berdiri dan mendorong kursi plastik..
    2.gi2 anak saya belum tumbuh satu pun,pdhl sdh saya rangsang pakai biskuit bayi dan teether
    3.beratnya juga susah naik 8 bulan masih 6,4kg…apa karena terlalu aktif ya?MPASI saya buat sendiri 2x sehari,selingan buah dan biskuit 2-3x sehari,masih tambah sufor juga selain ASI..tapi mengapa masih susah naik BBnya?
    terima kasih

  162. oktia February 16, 2010 at 1:38 pm #

    kayaknya sesuai dengan perkembangan anakku…Anakku sekarang dah berumur 9 bulan, dan ternyata dia suka banget berdiri dan mmbuka tuutp lemari bahkan mengeluarkan isi dalam lemari tersebut. …Tapi bagaimana mengatasi sikap anakku yang tidak bisa diam, aku khawatir anakku termasuk anak hiperaktif dan bagaimana mengatasi anakku yang selalu berkeringat

  163. Trias February 16, 2010 at 2:25 am #

    sufornya hrs dikurangi ya? padahal tiap minum masih 120cc (blm mencapai standart umur dia mestinya 210cc) dan jarak dg makan 1~2jam.. masih kurang lama ya jaraknya? klo terlalu lama keburu jam tidur zahra tips he2…

    Zahra sngnya sayur berkuah.. tolong dong resep2nya.. aku tunggu ya…
    Thanks…..

  164. tipsbayi February 14, 2010 at 3:02 am #

    Trias:

    Alhamdulillah.. kabar baik.. Waduh.. kami merasa kehilangan nih.. Sudah lama tidak muncul.. :-)

    Kami senang mendengar zahra sudah berusia 11 bulan dan tumbuh sehat. Makannya sudah tim..

    Kalau sesekali ngemut makanannya itu wajar, asal jangan setiap kali makan.. Sama hal nya dengan kita, kadang-kadang nafsu makan tidak selalu tetap. Anda harus lebih sabar dan telaten saja..

    Kemungkinan sufornya kebanyakan, jadi zahra kurang lapar ketika makan.. Solusinya, bisa saja sufornya tidak dikurangi, tapi berikan jarak minum sufor yang agak jauh dari jadwal makannya..

    Buah dingin untuk zahra..? Boleh kok.. ;-)

  165. Trias February 14, 2010 at 2:32 am #

    Hi Tips.. apa kabar? mulai aktif lagi nih…
    Putriku Zahra sdh 11 bulan, alhmd. sudah merangkak dan mulai titah… makan nasi tim 3x sehari cuma kadang lahaaap sekali tapi terkadang suka lama krn diemut (kira2 kenapa ya?), pdhl menu sdh berfariasi, apa mmg itu normal? selain ASI juga minum sufor 4~5x sehari….
    Apa oleh makan buah dingin setelah dari kulkas ? tb4

  166. tipsbayi February 13, 2010 at 7:00 am #

    Caecil:

    Pada dasarnya, bayi memang punya naluri untuk menjilat, menggigit dan menghisap sesuatu, itu biasa..

    Maka berikan mainan yang aman dan nyaman untuk digigit oleh bayi Anda, bahkan apabila bayi Anda sudah mendapat MPASI, Anda bisa memberinya biskuit untuk merangsang pertumbuhan gigi dan melatih kemampuan mengunyahnya..

    Untuk box dan mainannya, dilap pakai lap katun biasa lebih baik daripada dengan tisu beralkohol. Anda bisa membersihkannya setiap hari.. Agar imunitas bayi Anda lebih bagus maka pertahankan pemberian ASI.. ;-)

  167. tipsbayi February 13, 2010 at 6:41 am #

    mama abdul:

    Alhamdulillah.. Terdengarnya perkembangan bayi Anda bagus.. :-)
    Anda sebenarnya bisa mulai memperkenalkan gelas sippy cup kepada bayi Anda.. Bahkan seharusnya sudah bisa diperkenalkan dengan gelas bersedotan. Awalnya tentu sedotannya kecil saja (biasanya sudah menempel di gelas). Selanjutnya sekitar 1 tahunan, bayi Anda sudah bisa belajar menggunakan gelas untuk minum.

    Cara merawat mulut dan gigi bayi pada usia 7-12 bulan:

    - Tanyakan dokter anak atau dokter gigi anda apakah bayi anda mendapat cukup fluor
    - Ingatlah untuk membersihkan mulut bayi anda dengan kain lembab ( tidak basah sekali), sehabis menyusui.
    - Jangan biarkan bayi tidur dengan botol susunya (jika minum susu dari botol)
    - Berikan sedikit air putih bila bayi anda ingin minum diluar jadwal minum susu
    - Saat gigi mulai tumbuh, mulailah membersihkannya dengan menggunakan kain lembab. Bersihkan setiap permukaan gigi dan batas antara gigi dengan gusi secara seksama, karena makanan seringkali tertinggal di permukaan itu.
    - Saat gigi geraham bayi mulai tumbuh, mulai gunakan sikat gigi yang kecil dengan permukaan lembut dan dari bahan nilon.
    - Jangan gunakan pasta gigi dan ingat untuk selalu membasahi sikat gigi dengan air.
    - Periksakan gigi anak anda ke dokter gigi, setelah 6 bulan sejak gigi pertama tumbuh, atau saat usia anak setahun.. ;-)

  168. Caecil February 12, 2010 at 10:22 am #

    Hi tips… si kecil suka sekali menjilat mainan dan box bayinya..Sementara ada mainan tertentu yg tidak dapat dicuci, jadi saya hanya saya lap saja dengan kain lap biasa.
    Apakah itu sudah cukup aman dari kuman2 atau apakah saya perlu membersihkan mainan / box bayinya dengan alkohol swab (lembaran tissue beralkohol yg digunakan untuk melap tali pusarnya ketika baru lahir) ? Atau adakah cara lain? Tks ya….

  169. mama abdul February 12, 2010 at 3:16 am #

    alhamdullilah anak saya usianya menginjak 9 bulan, giginya skrg udah ada 3 buah.dia sangat aktif sekarang udah bisa berdiri dan memanjat anak tangga. anak saya minum susu dari botol, apa itu mempengaruhi pertumbuhan giginya dan bagaimana merawat giginya tersebut. makasih sebelumnya.

  170. tipsbayi February 4, 2010 at 1:47 am #

    Ira:

    Alhamdulillah terlihat bayi Anda sehat dan lincah.. Untuk mengetahui kandungan vetsin dalam biskuitnya.. Sebaiknya Anda baca pada kemasannya, apakah ada kata-kata autolyzed yeast, hydrolyzed soy protein, atau sodium caseinate, maka artinya produk tersebt mengandung MSG.

    Selain kata hydrolyzed, cek pula kata amino acid. Sebab, asam amino juga sering menjadi samaran untuk menutupi keberadaan MSG dalam suatu produk.

    Di Indonesia, produk-produk berlabel bebas vetsin atau bebas MSG mulai banyak beredar. Label itu banyak terdapat pada biskuit dan penyedap rasa.

    Tapi benarkah produk itu benar-benar bebas MSG? Itu butuh pengamatan lebih lanjut.. ;-)

  171. Ira February 3, 2010 at 7:50 am #

    Halo tips…Anakku da 9 bln lewat 1 minggu, aktif banget ga mau diem disimpen di baby walker pengen digendong, dah digendong pengen turun, lucunya turun tu pengen manjat baby walkernya sendiri..trus dia tau klo mau mau difoto ketawa ketiwi lho…
    klo soal makanan lebih cenderung suka makanan yg asin2 dibanding biskuit manis, biasanya dia lebih suka makan biskuit Jacob kira2 Jacob mengandung Vetsin ga ya?…

  172. tipsbayi February 3, 2010 at 4:45 am #

    mama rakha:

    Benar.. Jangan terlalu gampang mencekoki bayi Anda dengan obat-obatan seperti itu.. Apabila memang hanya batuk flu saja Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-5 hari, dengan memberikan ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.., memang batuk berdahak pada bayi agak sedikit lama karena bayi belum bisa membuang dahaknya sendiri..Insya Allah tidak berbahaya, hubungi DSA apabila selama 5 hari tidak ada perkembangan atau bayi Anda menolak sama sekali ASI.. ;-)

    Untuk latihan jalannya, ada tips sederhana.. Ajarkan Rakha berjalan dengan mendorong kursi plastik kecil atau galon air mineral besar.. Dengan begini maka Rakha akan lebih termotifasi untuk cepat belajar jalan.. Akan tetapi HARUS selalu Anda dampingi.. :-)

    Anda bisa baca juga Artikel pada link berikut:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/baby-walker-perlu-nggak-sih

  173. tipsbayi February 3, 2010 at 4:32 am #

    muhammad:

    Penyebab flu adalah virus, bukan dari es atau makanan dingin. Insya Allah kalau hanya diberikan makanan dingin tidak apa-apa..

    Untuk minuman fermentasi sebaiknya Anda berikan yang sudah dikhususkan untuk bayi.. Meskipun dari pihak produsen minuman fermentasi membolehkan pemberian kepada bayi yang sudah mendapat MPASI. Dengan cara pemberian dimulai dengan mengencerkan satu bagian minuman fermentasi dengan dua bagian air hangat. Akan tetapi kami tidak ikut merekomendasikannya lho..

    Untuk merk yoghurt, Anda bisa memilihnya di super market. Banyak pilihan dari berbagai merek produsen.. ;-)

  174. mama rakha February 3, 2010 at 2:43 am #

    rakha sebentar lagi 9 bulan, dia ga mau ngerangkak tapi maunya di titah jalan, kalo di taro di baby walker sih mau tapi hanya sebentar2 karena dia termasuk anak yang tidak suka diam di satu tempat saja. sekarang dia lagi flu, ingus nya keluar terus, tapi sudah sya berikan tetes hidung agar bisa lebih lega bernafasnya, dan tadi pagi mulai batuk2, ada ga ya cara tradisional/alami untuk atasi batuk pilek sama anak, karena kalo ke dokter pasti ada antibiotika y lagi. sampe sekarang rakha giginya belum tumbuh, normal ga ya???

  175. tipsbayi February 3, 2010 at 12:26 am #

    cheryl manalu:

    9 bulan lebih sedikit ya.. Memang terkadang lain dokter lain juga pendapatnya, ada yang berpendapat “Jika sampai 12 bulan belum mendapatkan imunisasi campak, maka pada usia 12 bulan harus diimunisasi MMR”. Ada juga pendapat “Jika terlambat imunisasi campak sampai 12 bulan tunggu saja sekalian 15 bulan untuk imunisasi MMR jadi tidak perlu campak”. Satu lagi “Samapi usia 1 tahun imunisasi campak boleh diberikan..”

    Bahkan ada yang sama sekali tidak memberikan imunisasi pada semua anaknya..

    Saran kami konsultasilah dengan DSA Anda yang biasa memberikan imunisasi kepada bayi Anda.. Lalu yakinkan dengan pendapat Anda jangan ragu.. ;-)

  176. muhammad February 1, 2010 at 2:14 pm #

    jadi ada gangguan ya?pantesan beberapa hari ni ga bisa di akses.ya aku dah buka link tersebut.aku cuma takut aza seh.jadi ga ada pengaruhnya makan eskrim dengan terlambatnya tumbuh gigi.trus ga bikin pilek kan?tapi baby udah terbiasa makan buah yang keluar dari kulkas ga papa seh, cuman kalo es-es gitu ga pernah.
    mengenai yoghurt, kalo boleh tau merk apa yang buat baby?soalnya aku ga begitu tau tentang yoghurt karna aku ga suka.bagi ku yoghurt terlalu asam.
    gimana kalo yakult?boleh?

  177. cheryl manalu February 1, 2010 at 7:53 am #

    tips… bayi saya saat ini sudah memasuki usia 9 bulan 1 minggu harusnya sudah imunisasi campak… namun saya belum berikan karna kelupaan menurut tips apakah boelh untuk suntikan campak diberikan pada saat usianya 9 bulan lebih??? kira2 kalo boleh lewat sampai berapa lama dari jarak usia 9 bulannya??? mohon jawabannya yah…. trima kasih

  178. tipsbayi February 1, 2010 at 6:40 am #

    Bunda Zheya:

    Untuk kebutuhan air putih.. Selama bayi Anda masih mendapatkan ASI atau sufor, Anda bisa berikan seperlunya. Meskipun usia 1 tahun Anda sudah bisa berikan lebih banyak akan tetapi tidak seperti kebutuhan orang dewasa yang setiap saat air putih.

    Yoghurt untuk bayi bisa Anda temukan di super market, kalau di mini market agak jarang.. Meskipun santan boleh-boleh saja Anda bubuhkan dalam makanan bayi Anda akan tetapi sebaiknya santan diberikan setelah bayi Anda diatas 1 tahun..

    Anda bisa menggantinya dengan susu formula, bahkan dengan ayam atau keju, untuk bayi sudah cukup gurih kok.. ;-)

    Untuk bayi Anda yang berusia 9 bulan sudah boleh kok diberi makanan yang dibubuhi margarin atau minyak sayur. Insya Allah makannya akan tambah lahap..

    Sukses juga buat Anda.. ;-)

  179. tipsbayi February 1, 2010 at 6:08 am #

    muhammad, bunda adzka:

    Mohon maaf baru dijawab.. Beberapa hari kemarin kami mendapat sedikit gangguan teknis.. Insya Allah kami tidak akan bosan menjawab pertanyaan Anda.. ;-)

    Anda jangan terlalu khawatir.. Meskipun erupsi gigi pertama biasa terjadi pada usia 6-8 bulan, namun masih belum bisa dikatakan terlambat apabila di atas usia tersebut belum juga keluar gigi pertama. Karena, normalnya erupsi gigi terjadi pada usia 6-12 bulan.

    Pertumbuhan gigi pada setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan gigi yang sama. Ada bayi yang sudah muncul giginya pada usia 4 bahkan 3 bulan. Ada juga yang sudah berusia 12 bulan tapi belum muncul gigi SATU pun.

    Faktor keturunan sangat berpengaruh.. Tetapi tidak selalu dari keturunan..

    Jika anak hingga berusia 14 bulan masih belum memiliki SATU gigi pun, maka bisa jadi ini merupakan “ectodermal dysplasia”, sebuah kelainan yang berhubungan dengan faktor keturunan juga.

    Untuk merangsang pertunbuhan giginya Anda bisa berikan camilan yang agak keras tapi gampang lumat, seperti biskuit..

    Anda sepertinya sudah mengunjungi link berikut:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/gigi-bayi-anda-muncul-jangan-khawatir

    Bunda adzka.. Berat Badan bayi Anda cukup.. Perkembangan kemampuannya juga sudah memperlihatkan kemajuan. Belum merangkak.. Bisa saja tidak merangkak dulu tapi langsung berjalan.. Akan tetapi masih wajar kok.. ;-)

  180. bunda adzka January 27, 2010 at 5:31 am #

    halo tips… adzka sekarang sdh 8 bulan, tapi kok blm tumbuh gigi, tapi kaki nya sudah kuat menopang badannya, walau blm bisa jalan, blm bisa merangkak. berat badannya 8 kg
    apa masih dalam kategori wajar?

  181. ion January 27, 2010 at 4:57 am #

    tips… mana perkembangan bayi 10, 11, n 12 bulan nya

  182. Bunda Zheya January 26, 2010 at 11:50 pm #

    tips..untuk pemberian air putih seperti orang dewasa pada umur berapa?kalau yoghurt khusus bayi agak susah ditemukan,apa harus di tempat khusus ya?kalau pemberian margarin,santan dan minyak seperti minyak kelapa,minyak sayur,dll pada MPASI apakah aman untuk bayi?tolong jelaskan ya tips..saya tidak akan henti-hentinya mengucapkan terima kasih pada TIPS BAYI,info-infonya sangat bermanfaat untuk Zheya dan juga para ortu untuk anak-anaknya yang masih setia disini..Sukses selalu untuk TIPS BAYI!

  183. muhammad January 26, 2010 at 2:15 pm #

    tips, kata orang tua dulu kalau bayi yang belum tumbuh giginya makan makanan yang dingin-dingin seperti eskrim membuat giginya semakin lambat tumbuhnya?
    soalnya kemarin waktu ayahnya baby kasih baby eskrim neneknya marah-marah.bilangnya nanti ga tumbuh-tumbuh aza giginya.apa bener seh?kebetulan baby emang belom ada giginya padahal dah 9 bulan.tips bilang kan kemungkinan itu keturunan.tapi dari pihak saya ataupun ayahnya ga ada yang lambat tumbuh giginya.saya juga udah coba pake teether yang di masukin kekulkas terlebih dahulu tapi belum berhasil juga.gimana dong?ada cara lain ga supaya giginya cepat muncul?thx y sebelumnya.semoga ga bosan jawab pertanyaan saya.

  184. tipsbayi January 26, 2010 at 7:27 am #

    Bunda Zheya:

    Anda sangat mengetahui persis bahwa ASI lebih baik kandungannya dari pada sufor manapun, kami SETUJU sekali.. Kalau hanya untuk sesekali selama Anda masih mendahulukan ASI, boleh-boleh saja Anda berikan sufor sebagai selingan. Akan tetapi untuk nutrisi, ASI mempunyai nutrisi terlengkap kap..kap.. ;-)

    Untuk es krim.. es krim dipasaran boleh diberikan untuk bayi di atas 6 bulan sebagai camilan karena kandungan gizinya sama dengan susu. Rasa yang dipilih boleh apa saja; vanila, cokelat, stroberi dan lainnya tergantung pada selera bayi. Anda juga bisa membuat es krim sendiri dengan bahan bubur kacang hijau dicampur susu dan diblender kemudian dibekukan dan diblender lagi.

    Hampir semua makanan dewasa berupa roti dan kueh basah bisa Anda berikan pada bayi Anda, akan tetapi pilih rasa yang tidak terlalu keras manisnya, pilih yang kira-kira manis susu misalnya..

  185. Bunda Zheya January 23, 2010 at 11:39 am #

    tips..zheya tergolong kurang bbnya dan juga susah makannya,apakah kalau ditambah sufor tapi asi yang saya punya masih berlimpah karena zheya pengennya asi aja?saya berencana insya allah memberinya asi sampai 2 tahun tanpa sufor..sekarang banyak beredar susu formula dibawah dan diiatas 1 tahun dengan kandungan tidak mau kalah dengan asi walaupun asi masih tetap juaranya,apakah tidak apa-apa hanya sebagai tambahan untuk melengkapi nutrisinya?tips,kalau eskrim buat bayi bisa didapatkan dimana?cemilan apa aja yang biasa dimakan orang dewasa yang aman untuk bayi seperti roti?sekalian resep mpasi 9 bulan,makasih ya..

  186. tipsbayi January 21, 2010 at 7:08 am #

    ion:

    Saran.. 3 tahun pertama kehidupan anak Anda ternyata memiliki peran yang sangat PENTING dalammembentuk kecerdasannya. Kalau anak sudah cerdas tinggal kita suasanakan dengan apa yang kita mau. Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya. Padahal dengan memberikan ASI, kesehatan dan kecerdasan sang bayi pun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

    Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

    Mau jadikan bayi Anda sebagai Arsitek? Jadi pilih ASI atau sufor…? :-)

  187. tipsbayi January 21, 2010 at 7:05 am #

    bunda nabil:

    Berat badan nabil 10 kg memang agak sedikit lebih.., makanya wajar kalau nabil agak lambat kemampuan merangkaknya. Tapi jangan khawatir juga sepertinya nabil anaknya gigih, malah sudah minta berdiri ya..? Sepertinya nabil mau langsung belajar jalan nih.. Nabil perlu bimbingan dari Anda.. ;-)

    Makanan bayi usia 9 bulan idealnya sudah tidak disaring malah sudah transisi ke bentuk tim. Akan tetapi perubahan teksturnya harus bertahap, agar bayi Anda tidak kaget..

  188. ion January 19, 2010 at 1:35 pm #

    tips, mo nanya nih, saya kan maunya kan jadi in anak saya seorang desainer interior/arsitek hehehe… (ga di paksa in sih). gimana cara memancingnya ya? ada yg punya saran?

  189. dewi January 18, 2010 at 4:40 pm #

    pas banget…ciri2nya sama dg si kecil daffaa, suka manjat n niru ekspresi wajah abang n kakaknya. Alhamdulillah…berarti perkembangannya sesuai dg usianya. Makasih tipsnya

  190. muhammad January 18, 2010 at 2:31 pm #

    gitu ya tips.matanya ga berair dan juga ga merah.tapi alhamdulillah, sekarang memarnya dah mulai berkurang. ya, maklumlah aku ngurusin baby sendiri. ayahnya,kerja.baru dari sore ada di rumah.jadi mau ga mau harus nyolong-nyolong masaknya.he,,
    tapi lain kali aku pasti hati-hati juga kok.thx y.

  191. bunda nabil January 18, 2010 at 8:51 am #

    makasih ya tips atas jawabannya….tapi boleh kan tanya lagi tips
    si nabil emang gak bisa merangkak tapi nabil klo merangkak pakai perut, jadi tangannya didepan terus badannya ditarik kedepan gitu tips (apa ya istilahnya ngesot atau apalah saya juga bingung). oh ya sinabil beratnya skrng 10 kg. Sinabil bisa cepat g ya jalannya? tapi dia dah minta berdiri terus.
    Untuk makan usia 9 bln masih diblender or disaring g tips? oh ya resepnya untuk 9 bln mana tips?
    Makasih banget ya tips

  192. tipsbayi January 18, 2010 at 8:18 am #

    dwi:

    Usia 9 bulan mengenalkan flash card bukan untuk belajar baca akan tetapi untuk memahami konsep dasar berhitung. Sebuah penelitian dilakukan dengan cara menunjukkan flash card kepada beberapa bayi – 2 kali di sebelah kirinya dan 3 kali di sebelah kanannya. Ketika ini dilakukan berulang kali, maka ternyata selanjutnya, setelah flash card ditunjukkan kepada para bayi ini 2 kali di sebelah kiri, mereka akan menengok ke sebelah kanan, mengantisipasi flash card yang akan muncul di sebelah kanan! Lucu kan..? ;-)

    Anda juga bisa menggantikan flash card pada usia ini dengan benda lain kok..

  193. tipsbayi January 17, 2010 at 2:20 pm #

    muhammad:

    Innalillahi.. kasihan sekali bayi Anda sampai memar-memar begitu ya.. :-(

    Apakah bola mata bayi Anda memerah seperti iritasi? Atau mata bayi Anda berair terus? Kalau kedua pertanyaan itu TIDAK.. Anda jangan khawatir berarti yang bayi Anda alami hanya memar sekitar mata saja, bahkan perkembangannya sudah membaik dengan pertanda ketika dipegang memarnya bayi Anda tidak memperlihatkan rasa sakit.. Jadi Anda jangan terlalu khawatir..

    Hanya saja, usahakan JANGAN sekali-kali meninggalkan bayi Anda sendirian tanpa ada yang mengawasi walaupun hanya sekejap, karena akan berakibat fatal..

    Oh ya.. mohon maaf beberapa hari ini ada gangguan teknis jadi agak telat dan.. keselip ;-)

  194. muhammad January 17, 2010 at 1:07 pm #

    tips, ko keselip terus ya……………

  195. welly January 17, 2010 at 12:46 pm #

    to dwi.

    flashcard uda bisa diperkenalkan ke bayi sejak dini. flashcard spy si kecil bisa membaca uda bisa diperkenalkan sejak usia 4 bln. cari aja di gramedia book store. bukan sulap bukan sihir. bisa terheran2 nanti kalo tau bayi nya setelah diajarin pake flashcard dan dg teknik yg benar bisa baca :)

  196. tipsbayi January 17, 2010 at 4:15 am #

    satria d.w, AGUS, tri, fia, Khaisya, aris:

    Perkembangan kemampuan pada setiap bayi akan berbeda-beda, adakalanya bayi merangkak lebih cepat, ada yang berangkaknya deganti dengan ngesot atau bahkan tidak melalui proses merangkak tapi langsung proses belajar jalan. Banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya bisa berat badan bahkan keturunan bisa mempengaruhinya..

    Singkatnya, Anda jangan terlalu khawatir. Hal yang paling penting adalah terus semangat membimbing bayi Anda dan bersyukur atas setiap langkah dan perkembangan bayi Anda.. ;-)

  197. tipsbayi January 17, 2010 at 3:12 am #

    feiby:

    Untuk ulasan dan resep makanan bayi 1 tahun tunggu saja ya.. ;-)

    Anonymous:

    Wah kok 9 tahun belum bisa jalan ya..? :-)
    Latih saja terus tapi jangan terlalu dipaksa ya.. Anda boleh menatah bayi Anda, berikan motivasi agar bayi Anda lebih bersemangat berlatih, aktiflah berkomunikasi dengan bayi Anda, berilah reward dengan pujian pada bayi Anda, perlu Anda ingat juga perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda lho.. banyak faktor yang mempengaruhi bisa salah satunya turunan juga.. ;-)

  198. tipsbayi January 17, 2010 at 1:17 am #

    Bunda Zheya, bunda nabil, vivie marzuki:

    Melatih dan menstimulasi merangkak..

    Posisikan bayi Anda dalam posisi duduk dan bujuklah bayi Anda untuk datang kepada Anda, dengan menggunakan mainan atau makanan kecil untuk membujuknya.

    Bantulah bayi Anda dengan memberinya sanggaan ketika bayi Anda bergerak mengambil posisi merangkak. Berilah pujian jika bayi Anda menggerakan tangan atau tubuhnya yang dapat diasosiasikan dengan mengambil posisi merangkak.

    Dudukkan bayi Anda di tempat tidur, dengan hati-hati posisikan bayi Anda ke posisi merangkak dengan mendorongnya maju. Awasilah dengan hati-hati.

    Dalam posisi duduk di lantai. Posisikan bayi Anda untuk mencondongkan badan ke depan dan tepuk-tepuklah lantai, hal ini akan mendorong bayi Anda meletakkan tangannya di lantai dan mencondongkan badan ke depan.

    Peganglah bayi Anda pada pinggulnya. Gerakkan maju dan mundur.
    Tempatkan bantal atau guling di bawah dada bayi Anda. Mula-mula bimbinglah bayi Anda bergoyang-goyang ke depan-ke belakang. Pujilah bayi Anda dan katakan, “maju mundur.”

    Perlu diingat bahwa perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda, banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya berat badan dan keturunan juga, memang adakalanya bayi tidak melewati proses merangkak tapi langsung jalan, atau merangkaknya diganti dengan ngesot.. jadi semua bayi tidak sama.. ;-)

  199. dwi January 15, 2010 at 6:40 am #

    Thank’s ya infonya,
    bayi saya masih 5 bulan, umur berapa ya bayi belajar pake flash card & gimana cara paling efektif?

  200. vivie marzuki January 15, 2010 at 4:42 am #

    really glad kenal ma tips bayi..bermutu infonya..
    btw, bayi saya 9bulan, dia blm bisa merangkak, pdhl temen2 seusianya sdh mulai berangkak dengan depatnya..gmn cara menstimulus dia berani merangkak ya? ada yg bilang itu faktor turunan tanpa merangkan tapi lgs jalan..apa benar? tengkyu somuch

  201. muhammad January 14, 2010 at 2:21 pm #

    thx y tips tas infonya.4 hari lagi baby 9 bulan.beberapa yang tips sebutin diatas baby udah bisa.aku mo cerita n sekalian tanya nih.
    2 hari yang lalu baby jatuh dari atas tempat tidur.akibatnya dahinya memar, kemungkinan kejeduk lemari.waktu itu dia lagi tidur dan ku tinggal kedapur sebentar.eh, ga taunya dia jatoh.baby tidur ga bisa diem,suka banget guling-guling.dahinya yang memar aku kompres sama air hangat, alhamdulillah agak berkurang sekarang.tapi ada masalah sama daerah matanya.ada memar kebiru-biruan di area mata pinggir hidung, separuh gitu.setelah jatuh memar di area mata ga ada,cuman di dahi aza.memar itu baru ada hari ini.memang di bawah alis di ujung dekat mata ada luka tergores mungkin karna kejeduk itu.aku takut kenapa-kenapa sama matanyaa.apa ga papa y tips?apa harus aku bawa ke dokter?baby seh aku liat baik2 aza.memarnya pun sering dia usek2 sama tangannya.aku pegang memarnya pun dia diem aza, ga da ngerasa sakit.
    tlog y tips infonya.kalo bisa seh secepatnya.thx

  202. aris January 14, 2010 at 9:02 am #

    Bah hati saya sekarang berusia 10 bulan tp kok blm bisa merangkak ya, dia cmn bisa merayap. Setiap kali saya ajari untuk merangkak dia malah minta berdiri. Jadi pusing saya. Apakah anak saya kurang tumbuh kembangnya????
    Makasih

  203. Khaisya January 14, 2010 at 8:05 am #

    Tks a lot buat tipsnya, tapi kok anakku usia 8,5 bln blm bisa merangkak ya? Duduk pun masih blm terlalu kuat.Untuk menjangkau sesuatu dilakukan dengan berguling.Normalkah seperti itu?Khawatir juga jadinya..

  204. fia January 14, 2010 at 6:18 am #

    anakku tanggal 19 besok 9 bulan..tapi ko gerakan motoriknya agal lambat ya..terutama kedua tangannya.dia sudah bisa mengangkat pinggulnya seperti posisi merangkak..tapi blm bisa menyeimbangkan dengan kedua tangannya..pa ne masih normal???

  205. bunda adzka January 14, 2010 at 6:02 am #

    amankah untuk bayi bila tidur tengkurap?
    keringat anak saya sepertinya cenderung berlebihan… apakah aman bila tiap malam pakai kipas angin (dipantulkan ke tembok)? atau apakah lebih aman menggunakan AC?
    adzka saya beri bubur instan setiap hari, kadang diselingi buah pisang, pepaya atau alpukat..apakah sudah cukup baik untuk gizi nya?

  206. yadi January 14, 2010 at 4:01 am #

    Tips nya ok ! tapi untuk anak saya sekarang berumur 8 bulan menuju 9 bulan, sulit sekali untuk makannya, kadang karena kesal dipaksa, apakah itu diperbolehkan? terus bagaimana membuat anak mau makan, atau menelan makanan yang sudah ada dimulutnya?

  207. tri January 14, 2010 at 2:48 am #

    tks tips bayi………….
    kevin skr uda mau 10 bln tp blm bs merangkak… tp dia merayap cpt x …. klo mau berdiri minta dipegangi…. apakah msh normal klo dia blm bisa berdiri sendiri?
    bgm merangsang dia untuk brani berdiri sendiri… tlg donk…

  208. Purwoko January 13, 2010 at 4:28 pm #

    Terimakasih TIPS BAYI… atas pencerahan serta pengetahuan yg dibagi untuk kami sekeluarga.

  209. ariesta January 13, 2010 at 12:22 pm #

    iya nich azka juga dah mulai memanjat kasur dan meja-meja pendek…kemarin makan jagung kukus/rebus aja dia bisa…tapi aman gak ya???

  210. AGUS January 13, 2010 at 7:40 am #

    wah bayi saya laki-laki. Merangkak juga belum, tapi duduk sudah bisa dan berdiri….

  211. bunda nabil January 13, 2010 at 7:21 am #

    makasih banget ya tips atas infonya, oh iya nich tips nabil ntar lagi 9bln, bagaimana melaih dia merangkak? n minta resep makan donk buat bayi 9 bln, thanks ya tips

  212. satria d.w January 13, 2010 at 7:13 am #

    Trims banget atas tips2nya,anak sy br 8 bln sih,tp belum bs merangkak jg pdhal kakinya udh cukup kuat kl lg lompat2 smbil dpegangin. Normal ngk ya?

  213. Sri Mariyati January 13, 2010 at 6:50 am #

    Senang sekali saya mendapatkan tips ini, usia anak saya sdh 7 bln. Tapi anak saya Chikka sangat aktif sekali.
    sekali laagi thx, tipsbayi sukses selalu….:-)

  214. Mama Aisyah January 13, 2010 at 6:25 am #

    Makasih ya Tips atas Infonya, Infonya sama persis dengan kegiatan Aisyah sehari-hari.
    Saya akan mencoba saran Tips untuk memberi peralatan masakan & lemari yang bisa digunakanya

    Thanks ya Tips & Infonya moga makin maju…
    Gak salah saya menjadi salah satu anggota dari Tips :)

    • novia May 4, 2014 at 1:11 pm #

      Putri saya 9,5bl BB 7,8kg bulan kemarin, anaknya aktif sudah tumbuh gigi 2 diatas 2 dibawah,merangkak mulai berdiri sendiri sambil tepuk tangan, y mo saya tykan :
      1. apa perkembangan bayi tidak baik klu pakai baby walker?
      2. makannya sulit sudah saya coba berbagai cara dg jalan2 or menu y berbeda gimana?
      3. apa tidak boleh MPASI ditambah gula garam?klu santan sebaiknya dikenalkan mulai umur berapa pak/ibu?(karena kakaknya tdk bisa santan mesti diare)

      • tips-bayi May 14, 2014 at 3:02 pm #

        novia, mama Almira

        1. Untuk mengetahui baik tidaknya silahkan membaca artikel babywalker

        2. Untuk mengatasi Bayi Bunda yang susah makan atau kurang nafsu makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

        * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi dengan teratur.
        * Mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukainya.
        * Juga.. “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.
        * Mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya.
        * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan.
        * Memberi contoh – pada bayi atau balita Bunda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Bunda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.
        * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda.
        * Jika bayi Bunda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari.

        3. Selain fungsi ginjalnya belum sempurna, juga jika bayi sudah diberi garam dan gula dalam makanannya, maka bayi akan terbiasa mendapatkan rasa yang lebih enak dibandingkan dengan makanan murni lainnya. Efeknya, bayi tidak mau makan kalau makanan tersebut tidak manis atau gurih.

        Contoh, jika anak sudah biasa diberikan makanan manis, nantinya anak hanya mau makan makanan yang manis. Sehingga akan susah menyuruhnya mengonsumsi sayur karena sayuran cenderung memiliki rasa hambar..

        Oh ya.. Sebaiknya santan diberikan setelah bayi Anda diatas 1 tahun.. ;-)

  215. Anonymous January 13, 2010 at 6:20 am #

    Tip yg pas banget kebetulan anak saya Nabila berumur 9 tahun dan sekarang kami latih untuk jalan, gmn ya agar dia cepat jalan? terima kasih….

  216. feiby January 13, 2010 at 6:11 am #

    Terima kasih untuk tips nya yaa….
    tapi anakku tanggal 27 januari nanti genap 1 tahun, kalo bisa saya mau di kirim tips/info untuk anak umur 1 tahun ya.. kalo bisa minta resep makanan n jadwal makan anak umur 1 tahun..
    terima kasih^^

  217. pendy January 13, 2010 at 5:46 am #

    thanks bgt infonya….

    ditunggu tips selanjutnya.

    sukses buat TipsBayi

  218. mama nya aurel January 13, 2010 at 4:25 am #

    wahhh,..seneng bgt baca tips nya..*mengingat auel bntr lagi 9 bln ;)
    tp sedari skrg aurel udh bisa manjat2 gitu..persis ama isi artikel ini..
    pusink juga sih tips mengawasinya..tapi seneng liat my baby aktiv ksana kmari..

    thx y tips wat info2 nya..moga tipsbayi makin mantafff & jaya..
    saya bangga jd bagian dr tipsbayi..;-)

  219. Bunda Zheya January 11, 2010 at 4:36 pm #

    Wah Tips pas banget untuk zheya yang sebentar lagi 9 bulan..tips,bagaimana menstimulasinya merangkak?kalau untuk berjalan,bagaimana cara melatihnya jika fase merangkak belum ia lewati!,apakah bisa?sekarang zheya sudah bisa merayap ke depan dan ke belakang..makasih ya..

Leave a Reply