Perkembangan Bayi 6 Bulan

Memang sangat mudah untuk menyadari berbagai perkembangan fisik yang “besar”, seperti ketika bayi Anda pertama kali bisa duduk, berguling dan mengangkat tangannya tanda minta digendong. Namun sebenarnya banyak juga lho perkembangan fisik “kecil” yang terjadi saat bayi berusia 6 bulan…

Diantaranya, saat ini bayi sedang belajar menggunakan jari-jemarinya, baik untuk masing-masing jarinya, maupun dalam bentuk kerjasama antara satu jari dengan jari lainnya. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan si kecil dengan jari-jarinya:

- Memukul

- Menggenggam dan menggoyang-goyangkan berbagai benda

- Mengambil dan membawa mainannya ke mulutnya

- Mengambil benda-benda berukuran kecil menggunakan ibu jari dan telunjuknya/jari tengahnya

- Memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lainnya

Penglihatan bayi Anda pada tahap ini sudah sangat baik dan dia sudah bisa melihat sebutir kacang di atas lantai yang terletak di seberang ruangan. Dengan koordinasi jari-jarinya yang membaik, Anda harus ekstra hati-hati, jangan sampai benda yang berceceran di lantai membuat si kecil tersedak…

Ingat, setiap bayi memiliki perkembangan yang unik. Sebagian bayi ada yang menunjukkan perkembangan motorik halus yang drastis, sebagian lebih terlihat menonjol dengan motorik kasarnya, ada bayi yang gesit dan sudah bisa merayap di atas perutnya pada tahap ini, sementara sebagian lagi lebih suka duduk diam dan mengamati apa yang terjadi di sekitarnya… setiap bayi adalah unik!

Alergi Terhadap Makanan

Sebagian Anda mungkin ada yang bayinya sudah atau baru mulai menerima MPASI (Makanan Pendamping ASI) pada tahap ini. Jika ya, maka perhatikan jika ada reaksi alergi dari si kecil terhadap makanan yang Anda berikan, terutama jika Anda atau keluarga Anda memiliki kelainan ini.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah tanda-tanda alergi terhadap makanan yang timbul pada bayi Anda, seperti:

- Sesak napas

- Hidung tersumbat

- Mata berair

- Bercak pada kulit

- Diare

Jika ini terjadi, maka sebaiknya Anda segera memeriksakannya ke dokter anak Anda.

Sebagai langkah aman, Anda bisa memberikan makanan yang memiliki resiko sangat kecil dalam menimbulkan alergi, seperti kentang manis dan sereal beras.

Hindari makanan yang sering menimbukan alergi seperti:

- Produk susu olahan

- Coklat

- Putih telur

- Kacang

- Kedelai

Satu hal lagi – jika memang bayi Anda terbukti secara medis alergi terhadap bahan makanan tertentu, pastikan Anda membaca label pada setiap makanan kemasan yang Anda beli untuknya!

Artikel yang berhubungan:

  1. Perkembangan Bayi 0-4 Bulan
  2. Perkembangan Bayi 5 Bulan

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

, ,

220 Responses to Perkembangan Bayi 6 Bulan

  1. bunga May 9, 2014 at 3:36 am #

    halo tips bayi,,anak saya umur 5m3w,,saat ini udah bisa guling2,,namun tulang belakang belum tegak,,masih lemah,,jadi belum bs duduk maupun didudukkna,karna dia merasa tdk nyaman,,kl digendong pun rasanya tidak enak,,karna tulang yg masih lemah,,apakah normal?dan bagaimana cara menstimulasi supaya tulang belakangnya kuat,,trimakasi

    • tips-bayi May 16, 2014 at 4:09 pm #

      bunga,

      Jika tulang belakang masih lemah, jangan terlalu dipaksakan untuk didudukan. Biarkan bermain berguling-guling, karena dengan begini akan membantu mempercepat kuatnya tulang belakang.. ;)

  2. Esti March 29, 2014 at 6:46 am #

    Tipsbayi mau nanya ya, putri saya 6 april ini sudah masuk 7bulan bbnya 5.1kg tapi dia lahir prematur dan waktu lahir bbnya hanya 0.63kg. jadi untuk bbnya termasuk normal ngak ya? dan sejak umur 3 bln sudah di beri susu formula karena kalau asi selalu tersedak tapi tidak tau kenapa akhir-akhir ini dia selalu menolak minum susu padahal saya sudah coba ganti merek susu formulanya tapi masih tetap menolak juga. saya jadi pusing harus gimana sekarang?

    ditunggu jawabannya yah, terima kasih :)

    • tips-bayi April 7, 2014 at 8:13 am #

      Esti,

      Karena putri Bunda lahir prematur, maka BB segitu masih termasuk NORMAL Bun..
      ASI masih keluar Bun..? Kalau masih, sebaiknya coba lagi memberikan ASI. Menolak minum susu.. apa putri Bunda demam..? Kalau memang sedang sakit, bisa saja nafsu minum susu terganggu. Kalau menolak susu tapi makan tetap bagus itu wajar, karena nafsu minum susu akan berkurang jika makan banyak.. Semoga putri Bunda sehat selalu.. ;)

  3. harry March 28, 2014 at 2:12 am #

    Anak saya umur 5.5 bln, sejak umur 2 bln diberi sufor saat ini gerakan motorik nya aktif sekali seperti digendong ga mau diam, tidur sering bolak balik dan nungging dan suka bersuara bila mau tidur dan suka menjambak rambut, apakah ini masih normal atau memang ada gejala alergi sufor atau makanan, trimss

    • tips-bayi April 2, 2014 at 9:56 am #

      harry,

      NORMAL Yanda.. tidak ada keganjilan.. ;) Bukan kelainan.. Karena siangnya sangat aktif maka tidur menjadi gelisah.. Bayi Anda terlalu banyak bermain atau ransangan dari orang sekitar untuk bermain, apalagi bila bermainnya menjelang waktu tidurnya, ini akan terbawa pada memorinya disaat tidur.., dan menyebabkan tidurnya lasak.. ini NORMAL..

  4. yuli March 12, 2014 at 5:10 am #

    tips bayi mohon infonya….
    mau tanya anakku skrng umur 6 bln…dia gk seagresif bayi seumuran dia…kyak tengkurep trus blik lg dg cpt..anakku bisanya tengkurep tp lom bs balik lg dan.dia lbh suka duduk wlpn msh dipegangin smbil mainn apa aj trus dimasukin ke mulutnya dia…apa itu hal yg wajar untuk perkembangan dia…mohon infonya donk….??

    • tips-bayi March 31, 2014 at 5:32 am #

      yuli,

      Bayi Bunda masih 6 bulan, masih wajar Bun.. Jangan terlalu khawatir, perkembangan kemampuan setiap bayi itu berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.. Dan bahkan terkadang ada juga yang tidak melalui tahapan yang biasa. Misalnya tidak merangkak tapi langsung berdiri dan berjalan. Ada juga yang ngesot tidak merangkak, jadi setiap bayi akan berbeda, keturunan sangat berpengaruh.. ;)

      Untuk mengetahui perkembangannya, periksakan terus secara berkala ke bidan atau dokter.. lihat bagaimana perkembangan di KMS..

  5. niki February 24, 2014 at 3:45 pm #

    bentuk tulang kepala anakku ko kayak menonjol jadi kayak pake bando umuenya 8,5 bulan.apa aman ya?

    • tips-bayi March 8, 2014 at 4:32 am #

      niki,

      Menonjol seperti bagaimana ya.. Bentuk kepala bayi Anda masih akan terus berubah. Hal ini karena sambungan antar tulang-tulang tengkorak yang terdiri dari tulang rawan dan ubun-ubun baru mulai mengeras di usia 9 bulan dan menutup sempurna pada usia 18 bulan.

      Jika ingin lebih yakin lagi bisa Bunda konsultasikan ke DSA. :)

  6. miza m September 28, 2013 at 9:32 am #

    dear tips bayi
    anak saya berumur 14 m, tp kelingking kaki nya bengkok keluar sblumnya tidak, baru kelihatan 1 mnggu ini, mungkin karna pemilihan sepatu bayi yg salah waktu pertama dia belajar jalan waktu umur 9 m dan bisa jalan sendiri umur 1 y,,
    yang ingin saya tanya kan tindakan yang bisa di lakukan supaya jari nya kembali normal
    terimakasih jawabannya sangat saya tunggu….

    • tips-bayi October 3, 2013 at 5:59 am #

      miza m,

      Wah.. kok bisa Bun..? Gak nangis Bun..? Kalau nangis kayaknya ketahuan.. Coba bunda pijit setiap hari perlahan dan lain kali hati-hati ya Bun.. Insya Alloh nanti akan berubah kembali normal.. ;)

  7. suci rahma wati August 21, 2013 at 6:37 am #

    dear tipsbayi,.. anak saya umur 6 bulan lebih sedikit,sekarang sudah bisa tengkurap dan sudah mulai makan makanan pendamping.yang ingin saya tanyakan.teman sebayanya sudah pada bisa merangkak tapi kok anak saya belum ya.normalkah dia.?

  8. suci rahma wati August 21, 2013 at 6:36 am #

    dear tipsbayi,.. anak saya umur 6 bulan lebih sedikit,sekarang sudah bisa tengkurap dan sudah mulai makan makanan pendamping.yang iningin saya tanyakan.teman sebayanya sudah pada bisa merangkak tapi kok anak saya belum ya.normalkah dia.?

    • tips-bayi August 23, 2013 at 3:23 am #

      suci rahma wati

      Belum merangkak ya..? Sebenarnya Bunda juga tidak harus khawatir. Perkembangan kemampuan setiap bayi itu berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan… Dan bahkan terkadang ada juga yang tidak melalui tahapan yang biasa. Misalnya tidak merangkak tapi langsung berdiri dan berjalan. Ada juga yang ngesot tidak merangkak.. Jadi setiap bayi akan berbeda.. Keturunan sangat berpengaruh..

      Merangkak merupakan transisi antara duduk dan berdiri ini, tidak harus ada pada setiap bayi. Ia bukan milestone atau tonggak penting perkembangan, seperti halnya duduk ataupun berdiri yang memang harus ada.

      Pendek kata, merangkak tak dipakai sebagai suatu patokan penting untuk pertumbuhan. “Bukan sebagai kunci penting. Ada anak yang tanpa merangkak dan langsung berdiri juga boleh-boleh saja.” :-)

      jadi bayi Bunda Normal..;-)

  9. Dessy April 11, 2013 at 6:00 am #

    Salam,
    Mau tanya.. Anak saya usia 6 bulan satu ming9u tapi kaki’y msh lemas.Teman sebaya’y sudah lompat2 klo diberdirikanTrs gigi’y jg blm tumbuh dan kepala’y masih suka jatuh saat ditegakkan.Normalkah?Mohon jawaban’y

    • tipsbayi April 11, 2013 at 12:50 am #

      Memang agak lambat ya bun perkembangannya…

  10. tara November 24, 2012 at 2:41 pm #

    dear tips bayi,

    anak saya skarang umur 6 bulan ( ASI eksklusif ) dan saya pernah membaca sebuah milis tentang tanda2 alergi dan hipersensitifitas pada bayi. Dan tanda2 itu sama seperti yang dialami anak saya antara lain sering menggosok hidung, mata dan telinga, mudah kaget, kalau tidur selalu gelisah dan tidak bisa diam serta berkeringat meskipun sudah memakai AC juga sering membentur2kan kepalanya kekasur.
    disini yang mau saya tanyakan kira2 anak saya terkena alergi apa ya soalnya dia hanya minum ASI sejak lahir dan belum saya berikan MPASI dan bagaimana cara menyembuhkannya ??

    terima kasih

    • tips-bayi November 28, 2012 at 12:36 am #

      tara,

      Hmm.. Belum tentu juga Bun.. Belum tentu bayinya alergi. Bunda jangan terlalu khawatir, Pertahankan terus pemberian ASI..

      Menggosok mata dan telinga bisa tanda bayi Bunda ngantuk, tidur gelisah dan lasak: kemungkinan bayi Bunda terlalu banyak bermain atau ransangan dari orang sekitar untuk bermain, apalagi bila bermainnya menjelang waktu tidurnya, ini akan terbawa pada memorinya disaat tidur.., dan menyebabkan tidurnya lasak.. ini NORMAL..

      Banyak keringat..? Anda jangan khawatir..Sebenarnya banyak berkeringat merupakan pertanda baik karena berarti kelenjar keringat berfungsi sempurna. Pengeluaran keringat merupakan proses sekresi atau pembuangan sisa-sisa garam dan juga racun dari dalam tubuh..

      Seberapa banyak pun keringat bayi yang keluar sebenarnya normal saja sepanjang bayi tidak terganggu oleh keringatnya. Masih dikatakan wajar bila bayi tidak rewel, selera makan atau menyusunya tetap oke, porsi tidurnya cukup, Aktif, dan pertumbuhannya tidak terganggu..

      Mudah kaget atau kedutan..?
      Sementara kedutan bayi ini seringkali menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua, namun para dokter justru akan khawatir bila tidak melihatnya. Bayi yang baru lahir secara rutin akan mendapat pemeriksaan refleks ini. Adanya refleks ini justru menjadi tanda bahwa sistem persarafannya berfungsi degan baik. Anda akan mendapatkan bahwa refleks ini kelak akan semakin berkurang dan akhirnya akan sama sekali hilang (Tentu saja bayi anda dapat terkejut pada segala usia, tetapi degan pola kedutan yang berbeda.)

      • tara November 30, 2012 at 1:54 pm #

        hhmmm begitu yaa ..
        terima kasih tips bayi atas jawabanya ,, skarang saya jadi tenang soalnya selama ini saya bingung dan takut kalo mau mengkonsumsi ikan atau telur.

  11. nunung October 5, 2012 at 7:44 am #

    mau tanya….
    anak saya mau memasuki umur 7 bln,,,tetapi kalo tengkurap belum bisa mengangkat kepalanya, dibandingkan dengan seusiannya sudah pandai merangkak…saya jadi cemas, apakah normal ato ngk ya…

    • tipsbayi October 8, 2012 at 3:04 am #

      @nunung,

      Anda bisa melatih si kecil untuk tengkurap. Letakkan mainan yanng menarik perhatiannya di dekatnya ketika ia sedang tengkurap, atau letakkan cermin di hadapannya sehingga ia terangsang untuk mengangkat kepalanya dalam waktu yang agak lama. Dengan sering berlatih, mudah-mudahan si kecil bisa!

      • puji lestari January 25, 2013 at 7:23 am #

        sama bun,, rayyan jg mau memasuki usia 7bulan. tuk mengangkat kepala dy sudah tegak. tp hanya sebentar.
        tengkurap pun harus dibantu.

        aq pun merasa khawatir. apakah perkembangan anakku normal?

        saat ini,, dy masih cuek jg saat dipanggil namanya. apakah ini termasuk kelainan bun? mohon informasinya

        • tips-bayi January 31, 2013 at 5:42 am #

          @ puji lestari,

          Bunda jangan terlalu Khawatir….Terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. Dan bahkan terkadang ada juga yang tidak melalui tahapan yang biasa. Perkembangan fisik dan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal perkembangan yang sama, meskipun kakak beradik sekalipun. Faktor keturunan sangat berpengaruh..

          Insya Allah tidak ada kelainan Bun..

  12. miko August 28, 2012 at 8:00 am #

    dear tips,
    bayi saya berumur 6 bulan, sejak usia dua bulan minum sufor, dua hari ini saya cb beri.makanan, nasi tim ( bayam + wortel ) pagi dan siang jam 10 sya beri biskuit, sejak diberi makanan frekuensi BAB nya jd.smakin banyak (biasanya 1x shari), hari ini saja sudah 4 kali, yang ke 1 lumayan banyak tapi yg ke 2-4 hanya sdikit-sdikit, apa tidak apa2 seperti itu?? tpi memang bayi saya tetap ceria, tidak rewel dan minum susu banyak, mohon infonya, tks y tips :-)

    • tips-bayi August 30, 2012 at 11:34 pm #

      @ miko,

      Insya ALLAH tidak apa apa… Wajar dan biasanya apabila setelah bayi Anda mendapatkan MPASI, frekuensi BAB bayi Anda bertambah atau berbeda dengan sebelumnya… Akan tetapi pola BAB bayi belum tetap. Bisa sering atau jarang.. Seiring dengan bertambah usianya maka pola BAB bayi Anda akan terbentuk hingga jadwalnya akan terlihat.. Untuk frekuensi BAB, prinsip sederhananya “pengeluaran bagaimana pemasukan” ;-)

      Pertahankan susu pencampur MPASI-nya tetap ASI..

      Tidak rewel kan.. Anda jangan khawatir masih NORMAL..

  13. selvi July 6, 2012 at 10:43 am #

    bayi saya usianya 6bln hari ini,sudah beberapa hari ini ko kaki tangannya sering basah apa itu normal-normal saja ya?

    • tips-bayi July 9, 2012 at 1:08 am #

      @ selvi,

      Semakin bertambah usianya, aktifitas bayi Anda semakin bertambah.. semakin aktif. Maka wajar saja jika bayi Anda jadi sering berkeringat, ditambah juga cuaca yang panas.. ;-)

      Anda jangan khawatir..Sebenarnya banyak berkeringat merupakan pertanda baik karena berarti kelenjar keringat berfungsi sempurna. Pengeluaran keringat merupakan proses sekresi atau pembuangan sisa-sisa garam dan juga racun dari dalam tubuh.. ;-)

      Seberapa banyak pun keringat bayi yang keluar sebenarnya normal saja sepanjang bayi tidak terganggu oleh keringatnya. Masih dikatakan wajar bila bayi tidak rewel, selera makan atau menyusunya tetap oke, porsi tidurnya cukup, Aktif, dan pertumbuhannya tidak terganggu…

      Keringat perlu diwaspadai sebagai pertanda gangguan kesehatan jika dibarengi dengan keluhan lain semisal mendadak rewel, tak mau makan/minum/menyusu, susah tidur, lemah, dan sebagainya.

      Pertahankan ASI.. ;-)

      • sintya September 21, 2012 at 2:41 am #

        anak saya usia 6 bulan, anak saya pilek tidak smbuh dari lahir sampai skrang,makan 3x sehari, tapi susah minum air putih,dan susu soya,karena anak saya alergi mknan dan susu,,,bab agak keras,tapi minum asi….
        apa obat tradisional penghilang pilek

        • tips-bayi September 27, 2012 at 4:43 am #

          @ sintya,

          Kalau bayi Anda tidak suka air putih tidak apa-apa.. berikan saja ASI.. Tidak harus susu soya, justeru yang terbaik adalah ASI
          Makanan apa saja yang menjadi pemicu alergi bayi Anda, untuk sementara hindari dulu.

          BAB bayi Anda sedang keras.. Anda bisa berikan pepaya di jadwal makan buahnya..

          http://www.tipsbayi.com/duet-apel-pepaya.html

          Sebenarnya jika hanya pilek atau flu biasa.. Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, dengan memberikan banyak ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.. Kita juga harus membantu mengeluarkan cairannya. Sebaiknya Anda periksa dan konsultasikan dengan DSA agar diketahui diagnosa yang tepat.. ;-)

  14. Nopa June 28, 2012 at 2:00 am #

    Anak saya umur 6 bln, kalau makan dan mimik dot maunya dlm posisi te
    ngkurep, bahaya tidak ya?

    • tips-bayi July 6, 2012 at 4:00 am #

      @ Nopa,

      Bahaya sih tidak.. cuma posisinya saja kurang baik..;-)

  15. rita.p May 14, 2012 at 3:24 pm #

    bayi saya berusia 4 bln sejak lahir minum susu NAN HA 1 hypoalergenic krn pd saat lahir sys sesak nafas akut,shg bayi dirawat di icu krn sesak juga krn sdh tidak sesak (bayi) say apakah boleh saya mengganti susu tersebut dan susu apa yg cocok untuk anak saya?

    • tips-bayi June 14, 2012 at 2:54 am #

      @ rita.p,

      Jika bayi Anda tidak alergi susu sapi, maka sebenarnya Anda bisa menggantinya dengan susu lain yang cocok dengan bayi Anda. Akan tetapi jika bayi Anda diberi susu NAN HA 1 hypoalergenic karena bayi Anda alergi, maka sebaiknya Anda pertahankan dulu atau ganti dengan ASI.. ;-)

  16. feni feranica April 8, 2012 at 11:54 am #

    dear tips bayi,
    -dalam waktu brpa hari/minggukah bayi sdh hrs ditmbh porsi MPASI nya??
    -klw diusia 7-8 bayi blm bs duduk sendiri apakah itu sdh blh pake gendongan carrier?? terima kasih sblmnya,,

    • tips-bayi April 16, 2012 at 4:39 am #

      @ feni feranica,

      * Penambahan porsi makan sesuai permintaan dan kesiapan bayi Anda. Akan tetapi sebagai takaran standar bisa Anda sesuaikan dengan usia. Bayi 6 bulan, minimal diberi 6 sendok makan, 7 bulan 7 sendok makan, begitu seterusnya.. Itu perhitungan minimal, selanjutnya bagaimana permintaan dan kesiapan.. ;-)

      * Sepertinya sudah siap tuh.. Digendong dengan GENDONGAN CARRIER DEPAN berarti sama dengan dipekeh ya..?
      Memang usia paling tepat memekeh bayi yaitu saat bayi sudah bisa duduk sendiri tanpa dibantu tidak masalah terlahir prematur atau normal. Biasanya umur 7-8 bulan. Pada saat itu pinggangnya sudah kuat, jadi posisi mekeh tidak akan membahayakan dan tidak berdampak buruk. Namun disarankan saat memekeh anak harus bertahap mengenai durasi dan frekuensinya.. ;-)

  17. feni feranica April 4, 2012 at 7:56 am #

    dear tips bayi,
    anak saya skrng dah mau memasuki usia 6bln tgl 5 april ini dgn BB 5,5kg 5 bln ini, bayi saya termasuk bayi prematur, tp kok blm bs tengkurep ya klw ditengkurepin dah kuat tp nggak tahan lm, malah sekarang klw diduduki dia sukanya loncat2 klw lagi dipangku.. saya mau tanya
    -apakah normal BB dgn umurnya yg skrng??
    -apakah perkembangan putriku terlambat & termasuk normalkah perkembangannya krna dia dah bs loncat2 saat dipangku??
    -apakah blm bs tengkurep sdh blh dikasih MPASI??
    -yg terakhir sdh blhkah anak saya menggunakan gendongan carrier/depan krna dia blm bs tengkurep??
    mohon maaf ne tips bayi klw pertanyaannya terlalu bnyk, mohon diberi jawabannya ya tips bayi, terima kasih..

    • tips-bayi April 8, 2012 at 4:12 am #

      @ feni feranica,

      * BB bayi Anda bahkan termasuk 80% BB normal untuk bayi Indonesia yang lahir normal..

      * Bayi Anda aktif ya..? Itu bagus.. tanda bayi Anda sehat. Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok.. Bahkan perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan..

      Insya Allah.. Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal.. ;-)

      * Bisa tengkurap..? Kepalanya sudah bisa tegak..? Berikut tanda-tanda bayi sudah boleh diberi MPASI:

      - Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      - Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      - Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      - Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      - Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      * Digendong dengan GENDONGAN CARRIER DEPAN berarti sama dengan dipekeh ya..?
      usia paling tepat memekeh bayi yaitu saat bayi sudah bisa duduk sendiri tanpa dibantu tidak masalah terlahir prematur atau normal. Biasanya umur 7-8 bulan. Pada saat itu pinggangnya sudah kuat, jadi posisi mekeh tidak akan membahayakan dan tidak berdampak buruk. Namun disarankan saat memekeh anak harus bertahap mengenai durasi dan frekuensinya.. ;-)

  18. bunda alita March 20, 2012 at 12:30 pm #

    putri saya suka mengeluarankan keringat dingin padahal malam hari dan sudah 6 bulan namun belum bisa tengkurap dalam posisi sempurna……………..tks

    • tips-bayi March 22, 2012 at 8:05 am #

      @ bunda alita,

      Sebenarnya banyak berkeringat merupakan pertanda baik karena berarti kelenjar keringat berfungsi sempurna. Pengeluaran keringat merupakan proses sekresi atau pembuangan sisa-sisa garam dan juga racun dari dalam tubuh.. ;-)

      Seberapa banyak pun keringat bayi yang keluar sebenarnya normal saja sepanjang bayi tidak terganggu oleh keringatnya. Masih dikatakan wajar bila bayi tidak rewel, selera makan atau menyusunya tetap oke, porsi tidurnya cukup, Aktif, dan pertumbuhannya tidak terganggu…

      Keringat perlu diwaspadai sebagai pertanda gangguan kesehatan jika dibarengi dengan keluhan lain semisal mendadak rewel, tak mau makan/minum/menyusu, susah tidur, lemah, dan sebagainya.

      Untuk mencegah biang keringat :
      * Mandi secara teratur dan keringkan dengan handuk lembut.
      * Ketika berkeringat, seka badan dengan lap basah dan keringkan kembali dengan handuk kering.
      * Gunakan baju yang berbahan katun dan nyaman dipakai (tidak terlalu sempit), untuk mengurangi panas.
      * Jagalah ventilasi ruangan, agar pertukaran udara berlangsung lancar dan lebih sejuk..

  19. gusti October 17, 2011 at 3:35 am #

    Mohon bantuannya kepada pengasuh, atau ibu2 yang bayinya menggunakan susu formula morinaga…

    saya mau nanya kenapa anak saya sejak bayi umur 2 bulan setelah berganti susu formula morinaga BMT-ChilMild, pada usianya ke 7 bulan ini tinjanya warnanya hijau kecoklatan kata orang harus ganti susu, ada juga bilang karena ada kelainan. mohon pencerahannya. thk

    • tipsbayi November 17, 2011 at 2:52 am #

      @ gusti,

      BAB hijau masih normal tetapi tidak boleh terus-menerus muncul, berarti makanan atau sufor yang bayi Anda konsumsi mempunyai kandungan gula & laktosa tinggi tapi rendah lemak.. Atau bila bayi disusui ASI berarti cara ibu memberikan ASI kurang tepat/belum benar (yang terhisap oleh bayi hanya foremik saja, dimana sibayi selalu mengisap ASI depan terlebih dahulu yang mempunyai kandungan gula & laktosa tapi rendah lemak yang membuat bayi cepat lapar kembali & ASI belakang yang mengandung banyak lemak akan terhisap setelah foremik habis, padahal hidmik (ASI belakang) inilah yang membuat feses bayi menjadi kuning..

      Tidak ada kelainan kok..

      Kalau ganti susu boleh saja.. bagusnya ganti dengan ASI.. :-)

  20. ririn January 12, 2011 at 7:42 am #

    dear tips bayi, bayi saya skrg umurny 5 bulan 2 minggu. Apakah sudah boleh pake gendongan depan? amankah utk perkembangan kakiny? trs amankah kl saya dudukkan bayi saya di baby chair? dudukny memang blm tegak tp kelihatanny dia nyaman selama duduk itu… kata orang tua kan bayi ga boleh didudukkan sblm dia bisa duduk sendiri..
    Ditunggu jawabanny ya. Makasih…

    • tipsbayi January 20, 2011 at 3:57 am #

      @ ririn,

      Digendong dengan GENDONGAN CARIER DEPAN berarti sama dengan dipekeh ya..?
      usia paling tepat memekeh bayi yaitu saat bayi sudah bisa duduk sendiri tanpa dibantu. Biasanya umur 7-8 bulan. Pada saat itu pinggangnya sudah kuat, jadi posisi mekeh tidak akan membahayakan dan tidak berdampak buruk. Namun disarankan saat memekeh anak harus bertahap mengenai durasi dan frekuensinya..

      Benar.. Sebelum bisa duduk tegak sendiri, hendaknya Anda tidak memaksakan bayi Anda untuk duduk dengan beban badan tanpa ditopang atau kemiringan yang cukup.. Melatih duduk sendiri, Anda bisa mencobanya dengan BERTAHAP, menyandarkan dengan kemiringan yang cukup, lalu menopangnya dan untuk seterusnya Anda bisa sedikit demi sedikit melepaskan pegangan Anda sampai bayi Anda bisa duduk tegak..

  21. ragundren January 3, 2011 at 2:16 pm #

    bayi saya berumur 6bulan4hari,mp asi sudah mulai saya berikan, tapi mengapa bayi saya susah makannya ya… bayi saya juga masih saya beri ASI tapi klw diberi susu formula selalu menolak, MPASI yang saya berikan adalah 1sdm tepung terigu+1sdm susu formula dan sedikit gula, semua bahan dimasak sampai mendidih. apakah tindakan saya ini sudah benar?

  22. mama rafka December 10, 2010 at 1:54 pm #

    Allo tips…
    maf ya klo pertanyaanku ini agk menyimpang.. klo menghilangkan bintik2 pada wajah bayi gmn y ? soalnya dmuka bayiku kyk ad jerawat kecil2 gtu..
    thanks y atas jwabnya.. tlong klo bs bales diemailku yc…

  23. Mami yumna December 9, 2010 at 11:02 pm #

    Dear tips,
    pada usia berapa bulan ya bayi sudah boleh pake baby walker? Trus untuk bubur susu berapa perbandingan susu dan tepung beras nya utk bayi 6 bln(bru mulai mpasi)? Tq tips

  24. uminya arfan October 8, 2010 at 2:15 am #

    dear tips……
    krn usia bayi saya sdh mau 7 bulan and saya KB suntik 1 bulan jd asi udh sangat sedikit sehari cm 50 ml….kalo sdh tidak dikasih asi lagi gak papa gak ya tips……thank you

    • tipsbayi October 9, 2010 at 3:21 am #

      @ uminya arfan,

      Biarpun sedikit lebih baik berikan saja dan terus saja peras.. Sebelumnya kami sudah katakan, Produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak yg ASI yg diproduksi.

      Usia bayi Anda sudah 7 bulan, jadi bayi Anda sudah mendapatkan MPASI. Maka kebutuhan ASI-nya memang sedikit berkurang karena sudah tergantikan oleh Makanan semi padatnya. Meskipun demikian tetap saja pertahankan pemberian ASI-nya.. ;-)

  25. tipsbayi October 6, 2010 at 2:29 am #

    @ uminya arfan,

    Telur bisa diberikan kepada bayi sejak umur 6 bulan, tetapi pemberiannya bagian kuning terlebih dahulu karena bagian putih telur dapat memicu reaksi alergi pada sebagian bayi.. ;-)

  26. uminya arfan October 5, 2010 at 3:48 am #

    Dear tips…

    bayi saya umurnya 6 bulan 18 hari…..kapan bisa diberi makan telur ya?????? thank you tips…

  27. tipsbayi October 4, 2010 at 2:36 am #

    @ Burhan,

    Apabila rewel dan terus-menerus ngeces bisa disebabkan radang tenggorokan, ataupun sariawan di kerongkongan, gusi, dan lidah. Atau menjelang keluarnya gigi bayi, air liur akan muncul lebih banyak daripada sebelumnya. Saat tumbuh gigi, gusi bayi terasa gatal dan mungkin sakit sehingga merangsang produksi air liur. Ini merupakan mekanisme yang alamiah..

    Bintik-bintik seperti itu bisa jadi biang keringat..
    Ada beberapa alternatif untuk mengobati biang keringat:

    1. Dengan VCO (Virgin Coconut Oil)
    2. Dengan Minyak Telon (pilih yang kandungan minyak kelapanya 60%, agar tidak terlalu panas)
    3. Bedak Salicyl (bisa dicampur dengan air, seperti bedak dingin)
    4. Bedak tabur

    Atau bisa juga Alergi dari makanan barunya..
    Akan tetapi Anda jangan khawatir Alergi pada bayi memang bukan suatu penyakit. Alergi adalah reaksi hipersensitivas tubuh terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing atau berbahaya. Reaksi alergi biasanya muncul bila bayi memiliki kecenderungan bawaan (genetik)..

    Kasus alergi susu umumnya akan hilang saat anak berusia satu tahun ke atas atau sudah berusia 15 tahun. Menurut data, sebanyak 56 persen bayi yang se belumnya menderita alergi susu, sudah menjadi toleran ketika berumur satu tahun. Sedangkan pada umur 15 tahun, 95 persen anak sudah tidak menderita alergi susu lagi.. ;-)

    Saran kami untuk mengantisipasi alergi, untuk sementara hidari saja dulu perkiraan pencetus alerginya. Anda coba ganti dulu bahan dasar MPASI-nya dengan bahan lain, ganti juga sufornya atau berikan ASI saja..

  28. tipsbayi October 1, 2010 at 3:47 am #

    @ Nauli – mommy Kayla,

    Terlihat Kayla tumbuh NORMAL.. Perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda, termasuk perkembangan motoriknya. Anda bisa memotivasi Kayla untuk belajar merangkak dari mulai posisi duduk. Bila Kayla sudah bisa duduk sendiri Anda bisa lebih leluasa melatihnya. Jadi Anda harus sabar dan telaten melatih dan menunggu Kayla duduk tegak sendiri dulu lalu belajar merangkak dengan menstimulasinya.. ;-)

    Tahap pergerakan bayi, menurut dr. Waldi Nurhamzah, SpA, staf pengajar Bagian Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, mulai dari bagian atas tubuh sampai bawah. Ada pola pengembangan otot dari atas ke bawah. Jadi, kemampuannya mulai dari bagian kepala seperti bisa tersenyum, main mata, dan lainnya, sampai kemudian kemampuan pada kaki, seperti menggerak-gerakkannya.

    Pada usia 6-10 bulan mulailah terjadi koordinasi atau perkembangan yang lebih nyata antara tangan dan kaki. Meski saat itu otot-otot tangan berkembang lebih dulu dari otot-otot tungkai. “Jadi, tangan lebih banyak pergerakannya dari kaki.” Sehingga nanti akan terlihat, mobilitas atau koordinasi tangan lebih baik dari kaki dan lainnya. Kemudian pada masa usia akhir bayi atau 11-12 bulan, mungkin koordinasi kaki lebih baik lagi.

    Sementara merangkak berada pada usia 7-10 bulan, di mana bayi mulai belajar melakukan pergerakan dengan koordinasi antara tangan dan kaki. “Fase ini berada pada fase antara duduk dan berdiri.” Namun, koordinasi tangan ataupun kaki yang baik tidak harus dengan merangkak saja. Mungkin saja saat itu bayi berguling dengan bagus dan dia menggunakan tangannya, atau bayi duduk dengan menggerak-gerakkan kakinya.

    Jadi, merangkak yang merupakan transisi antara duduk dan berdiri ini, tidak harus ada pada setiap bayi. Ia bukan milestone atau tonggak penting perkembangan, seperti halnya duduk ataupun berdiri yang memang harus ada.

    Pendek kata, tegas Waldi, merangkak tak dipakai sebagai suatu patokan penting untuk pertumbuhan. “Bukan sebagai kunci penting. Ada anak yang tanpa merangkak dan langsung berdiri juga boleh-boleh saja.” Juga tidak berkaitan dengan kecerdasannya, lo. Karena kecerdasan, kan, tidak tergantung dari merangkak saja, tapi pada perkembangan lainnya.

  29. Burhan September 30, 2010 at 4:55 pm #

    Bayi saya umur 5 bulan, tapi akhir-akhir ini rewel dan banyak air liurnya, panas tubuhnya cenderung tinggi dan dia selalu menggaruk bagian belakang kepalanya kalau rewel sehingga memerah, dikulitnya juga muncul bintik kayak biang keringat. apakah bayi saya tidak alergi, karena akhir-akhir ini saya kasih makan bubur beras merah dan biskuit. aku kasih makanan tambahan karena dia malas minum ASI suka tersedak (ASI ibunya banjir), baru dia sangat aktif sebentar-bentar lapar.

  30. Nauli - mommy Kayla September 28, 2010 at 11:25 pm #

    Tips bayi,
    baby Kayla 5 hari lagi 6 bulan, semua perkembangan 6 bulan sudah dia kuasai, bahkan telentang dan tengkurap sudah bisa dari 4 bulan. Hanya saja merangkak yang belum bisa, apakah normal ? Apakah bisa distimulasi ?

  31. tipsbayi September 22, 2010 at 2:31 am #

    @ uminya arfan,

    Kalau memang sudah tidak keluar lagi.. Ya mau gimana lagi.. Terpaksa deh.. :-)

    Tapi.. Ingat ! Produksi ASI prinsipnya “based on demand” sama seperti prinsip pabrik. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka makin banyak ASI yang diproduksi.

    Tingkatkan frekuensi menyusui/memompa/memeras ASI. Jika anak belum mau menyusu karena masih kenyang, Anda bisa memompalah ASI. Produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak yg ASI yg diproduksi.

    Yangg tidak kalah pentingnya : Ibu harus dalam keadaan RILEKS.

    KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan keberhasilan ASI eksklusif. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui.

    Ingat : 1 pikiran “duh ASI peras saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun…

  32. uminya arfan September 21, 2010 at 9:21 am #

    dear tips….
    usia bayi saya 6 bln 4 hari tapi asi saya sdh habis….so apakah gpp kalo cm sufor aja buat baby saya ..plus MPASI jg sich

  33. tipsbayi September 9, 2010 at 9:43 am #

    @ novia,

    Mungkin artikel berikut bisa membantu: http://www.tipsbayi.com/index.php/waktunya-tengkurap

    Selain itu, coba letakkan bayi pada posisi tengkurap. Gerakkan sebuah mainan berwarna cerah atau buat suara-suara gembira di depan bayi sehingga ia akan belajar mengangkat kepalanya. Secara berangsur-angsur ia akan menggunakan kedua lengannya untuk mengangkat kepala dan dadanya.

    Letakkan mainan berwarna cerah di dekat bayi agar ia dapat melihat dan tertarik pada mainan tersebut. Kemudian pindahkan benda tersebut ke sisi lain dengan perlahan. Awalnya bayi perlu dibantu dengan cara menyilangkan paha bayi agar badannya ikut miring sehingga memudahkan bayi berguling. Ketika ia berguling, senyum dan tunjukkan rasa kasih sayang. Jaga bayi agar tidak jatuh dari tempat tidur, meja atau dari ketinggian lainnya.

  34. novia September 5, 2010 at 2:23 pm #

    anak ku 6bulan tp jarang banget tengkurep,jd gmn ya.biasa nya umur 4 bulan udh sering banget tengkurep

  35. Anonymous September 5, 2010 at 2:19 pm #

    anak aq ber’umur 6 bulan tp belum bisa tengkurap.jd gimana ya

  36. tipsbayi September 1, 2010 at 1:01 am #

    @ lila,

    Kalau bayi Anda minum sufor dan warna fesesnya hijau, ini masih tergolong normal kok…

    Oya, sudah baca artikel ini belum… http://www.tipsbayi.com/index.php/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan

  37. lila August 27, 2010 at 7:41 am #

    mo tanya ni..baby aku usia 6,5 bulan..sejak usia 6 bulan, kalo pagi aku kasi smoothies..kyk pisang diblender ma susu, apel, jambu merah, dll ..kalo siang n sore aku kasi tepung gasol misalkan tepung beras merah, ubi, dll (setiap 4 hari sekali ganti menu..biar ketahuan kalo alergi thd makanan tertentu)..berat badan 9 kg..sejak puasa ASI ga keluar lagi, so sufor aja n abis 900gr dalam 1 minggu..BAB rutin setiap hari alhamdulilah.tapi (maaf) BAB warna ijo tapi tdk encer n tidak terlalu padat juga..dia juga ga merasa kesakitan atau berdarah..so, BAB warna ijo gapapa yah?itu disebabkan karena apa?atau normal saja?kalo memang tidak normal, mohon solusinya..makasih :)

    “selamat menunaikan ibadah puasa”

  38. tipsbayi August 20, 2010 at 1:51 pm #

    @ Yanie,

    Coba baca tanggapan kami di: http://www.tipsbayi.com/index.php/vitamin-dan-mineral-untuk-bayi#comment-5646

    Mengneai feses, tidak perlu mendiagnosa atau mengira-ngira sendiri, jika fesesnya terlihat mencurigakan, bawa si kecil ke dokter untuk memastikan apakah ada gangguan serius terhadap kesehatannya.

  39. Yanie August 19, 2010 at 10:24 am #

    Tips bayi mo tanya dong, anakku sudah 7,5 bulan umurnya BB hanya 6,1 kg makannya susah sekali, baru berapa suap terus udah ga mau lagi, tp minum susunya termasuk doyan.Sayangnya anakku tidak bisa menikmati ASI karena tidak keluar, hanya skitar 2 mggu pertama stelah lahir. Yg jd masalah sekarang adalah pup anakku warnanya abu2 seperti tidak normal & pertamanya agak keras terus lunak baru yg terakhirannya berwarna kuning. Apakah ada yg salah dengan pencernaanya atau dengan sufor yg selama ini diberikan (dia minum produk Mxxxxxga), karena dia tidak pernah muntah atau timbul alergi seperti merah di kulit.

  40. tipsbayi August 11, 2010 at 6:51 am #

    @ princess,

    Mungkin itu ubun-ubun besar?

    Ubun-ubun terdiri atas ubun-ubun besar di bagian depan atas dan ubun-ubun kecil di bagian belakang atas. Ubun-ubun bayi masih sangat lunak dan dilapisi selaput tipis yang kuat. Lunaknya ubun-ubun ini secara alamiah sebetulnya membantu memperlancar proses persalinan, selain supaya perkembangan otak berjalan maksimal.

    Secara berangsur-angsur ubun-ubun akan tertutup oleh tulang tengkorak. Normalnya, ubun-ubun besar akan tertutup pada bulan ke-18, sedangkan ubun-ubun kecil akan tertutup pada bulan ke-2. Ubun-ubun yang belum menutup seringkali membuat orang tua cemas. Padahal sebetulnya hal ini justru diperlukan agar otak bayi mendapat ruang untuk berkembang normal.

  41. tipsbayi August 11, 2010 at 6:42 am #

    @ fauziah,

    WHO dan IDAI sudah menyarankan agar ASI Eksklusif diberikan sampai usia bayi 6 bulan. Jadi, setelah usianya mencapai 6 bulan, bayi Anda sebaiknya “dikenalkan” pada MPASi secara bertahap. Maksudnya, agar nanti ketika ia berusia 1 tahun, pencernaannya tidak terlalu “kaget” menerima makanan padat.

  42. Princess August 10, 2010 at 7:43 am #

    Dear Tipsbayi,
    mau tanya , sampai umur berapa ya tempurung bayi keras sempurna, anak saya umur nYA 6bulan, tapi kepalabagian depan dekat kening kalo di raba masih lembek sedikit , apakah itu wajar . mohon di jawab ya

  43. fauziah August 9, 2010 at 7:12 am #

    anakku skrg umurnya 6 bln 11 hr, sy sdh beri MPASI tetapi ada yg sarankan sebaiknya jangan dulu dikasih MPASI, alasanya: agar anak tdk cepat kurus sebaiknya beri ASI dan susu formula saja sampai umur 8 atau 1 thn.
    perntanyaan sy: * apa benar anak akan kurus kalau di kasih MPASI ?
    Tolong beri sy alasannya kenapa ? sy jadi bingung terus yg benar mana?

  44. tipsbayi July 8, 2010 at 4:42 am #

    Lisya:

    Memang bentuk kaki bayi seperti bengkok akan tetapi itu akan berubah seiring dengan usianya.. Anda jangan khawatir, apabila sudah bisa berjalan sendiri kaki bayi Anda akan semakin sempurna.. ;-)

  45. Lisya July 5, 2010 at 4:45 am #

    apakah kaki bayi berusia 6 bln masih belum sempurna? umur berapa organ tubuh bayi secara keseluruhan berfungsi secara sempurna? anak saya berusia 5,5 bln, saya liat kedua kakinya bengkok sedikit seperti ‘O’ padahal sejak lahir belum pernah saya berdirikan atau gendong samping. apakah ini karena kakinya belum sempurna? jika nanti dia belajar berjalan akan lurus kah kedua kakinya?

  46. tipsbayi June 23, 2010 at 2:21 am #

    ibu poppy:

    Itu bukan menurut orang tua dulu.. Akan tetapi menurut Agama (apabila Anda beragama islam). Ulama katakan bahwa khitan bagi laki-laki hukumnya wajib, sedangkan bagi
    perempuan hukumnya sunat. Tapi kalo sampai merusak kelamin hukumnya haram.
    Rosululloh SAW bersabda :
    “Potong sedikit jagan banyak, karena khitan itu menjadikan wajah berseri dan
    membahagiakan suami”

    Hikmah Khitan bagi wanita diantaranya adalah untuk menstabilkan syahwat,
    wanita yang tidak dikhitan cenderung syahwatnya kuat sehingga jiwanya tidak
    tenang atau gelisah. Dari sisi kesehatan paling tidak khitan ini merupakan
    bentuk kebersihan dan kesucian.

    Waktu pelaksanaan khitan bagi wanita itu tidak mempunyai waktu yang pasti, yang penting dilakukan sebelum baligh (mukallaf). Semakin cepat dilaksanakan semakin baik
    kecuali menurut ahli kedokteran yang mengatakan lain sesuai kondisi anak tersebut.. :-)

    Pola BAB bayi Anda dan bentuk fesesnya ketika sebelum dan sesudah diberi MPASI akan sedikit berbeda.. Normal kok..;-)

  47. ibu poppy June 17, 2010 at 8:53 am #

    bayi saya sdh umur 5,5bln dan dia ta coba ta ksh bubur&pure pisang tp knp pup nya 3-4x sehari,apa itu bertanda bhw dia blm bs diksh MPASI?thx

  48. ibu poppy June 16, 2010 at 9:59 am #

    hai tips bayi,sya mau nanya mnrut orang tua jaman dlu bayi perempuan harus disunat sdgkan anak sya skg uda umur 6 bln blm sya sunat,jadi apa perlu bayi perempuan disunat?
    trims atas jawabannya

  49. tipsbayi June 16, 2010 at 6:15 am #

    ibu jihan:

    Insya Allah tidak apa-apa bu.. Seperti yang pernah kami katakan sebelumnya bahwa perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, banyak faktor yang mempengaruhi termasuk berat badan.. Belum bisa duduk atau merangkak Anda jangan terlalu khawatir berikan saja rangsangan terus agar bayi Anda lebih terbantu dan termotifasi..

    Adakalanya bayi tidak ada nafsu makan. Selain Anda harus mencari PENYEBABNYA Anda juga harus memvariasikan makanannya,

    Untuk menambah nafsu makan bayi Anda, Anda bisa mencoba memberikan air rebusan kacang hijau..

    Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

    * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

    * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

    * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

    * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda.. :-)

    * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

    Untuk menambah nafsu makan bayi Anda, Anda juga bisa mencoba memberikan air rebusan kacang hijau..

  50. tipsbayi June 16, 2010 at 4:51 am #

    Puspa:

    Perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, banyak faktor yang mempengaruhi termasuk berat badan atau keturunan juga.. Belum bisa tengkurap Anda jangan terlalu khawatir berikan saja rangsangan terus agar bayi Anda lebih terbantu dan termotifasi..

    Anda jangan khawatir dengan kecerdasannya.. Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

    Dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

    Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

    ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

    Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

    Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

    Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

    Jadi pilih ASI atau sufor…? :-)

    Anda juga bisa baca artikel berikut:

    http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

    Untuk pemberian vitamin hendaknya Anda konsultasikan dulu dengan ahli gizi atau DSA karena setiap bayi akan berbeda kebutuhan vitaminnya..

  51. ibu jihan June 14, 2010 at 4:42 am #

    bayi saya 4 hari lagi menginjak usia 7 bulan tetapi belum duduk ataupun merangkak…
    gk apa2 gk yaah???
    oh iya.. bayi saya jg sulit sekali untuk makan, mhon tps juga donk… makasih!

  52. Puspa June 11, 2010 at 4:58 am #

    hi mums…. bayi sy udah 5 bln, 2 minggu bb-nya udah 10 kg, pnjang 65cm. overweight gak ya?? pdhl masih asi xklusif. saya agak khawatir coz mpe sekarang blm bisa tengkurep sendiri, harus dibantu dimiringkan. padahal kepalanya tegak kalo ditengkurepin dari umur 3 bulan. kalo megang benda udah bisa, malah sukanya kalo dikasi bola di kaki, pasti diangkat sampai tinggi dgn kedua kakinya sambil ngoceh. saya takut tumbuh kembangnya terlambat, help me please…. apa perlu dibantu vitamin utk kalsium dan zat besi gitu?? nah kalo termasuk tumbuh kembang yg terlambat, berpengaruh gak terhadap kecerdasannya???
    thnx infonya….

  53. tipsbayi May 29, 2010 at 4:32 am #

    giovanno:

    Berikut ini contoh jadwal pemberian MPASI untuk bayi yang bisa Anda ikuti:
    (jadwal ini adalah untuk bayi berusia 6-9 bulan dan diterapkan secara bertahap)
    bisa juga Anda coba berikan pada Aira..

    Pukul 06.00 (bangun tidur)
    ASI/PASI

    Pukul 08.00 (makan pagi)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 10.00
    Buah segar/ biskuit

    Pkl. 12.00 (makan siang)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 14.00 (sebelum tidur siang)
    ASI/PASI

    Pkl. 16.00
    Buah segar/ biskuit

    Pkl. 18.00 (makan malam)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 21.00
    ASI/PASI

    Selamat mencoba..

    ASI bisa sesuai permintaan bayi Anda.. ;-)

    Sebenarnya lebih bagus apabila makanannya buatan Anda sendiri, karena apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

    Buatlah pola makan yang baik.. Perbanyak menu makanan yang mengandung serat. Pilihlah menu dengan buah dan sayuran. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan 5 porsi kecil (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

  54. tipsbayi May 29, 2010 at 4:17 am #

    feronika:

    Cara membuat tepung dan bubur beras merahnya sudah benar..
    Variasikan pemberian makanannya, berikan yang bayi Anda senang, untuk camuran makanannya jangan terlalu banyak macam sehingga rasanya menjadi aneh.. Sebaiknya cicipi terlebih dahulu oleh kita..

    Untuk pemberian ikan, meskipun ada pendapat untuk menunggu sampai bayi usia 9 bulan, sebenarnya bisa saja Anda berikan, akan tetapi apabila sekarang akan Anda berikan sebaiknya Anda coba sedikit dulu lalu lihat reaksinya, apabila tidak ada tanda-tanda alergi Anda bisa lanjutkan pemberiannya. Sedangkan untuk ayam dan daging sapi sudah boleh Anda berikan dengan tekstur yang lembut.. ;-)

  55. tya May 27, 2010 at 3:57 pm #

    mohon tipsnya..
    anak saya umur 6 bulan 11hari, dia sudah saya kenalkan dengan mpasi. porsi makannya saya berikan secara bertahap, mulai dari banyak sedikit buburnya sampai berapa kali diberikannya. sekarang dia sudah saya berikan sehari 3 kali, tapi itupun juga masih 2sdt per masing2 waktunya (pagi, siang dan sore), tapi kok belum bab selama 5 hari ini ya. saya kok jadi kuatir, tapi anak saya tetap lincah dan tidak rewel, minum asinya pun banyak. saya juga sudah usahakan banyak minum dan makan sayuran. apakah ini normal terjadi? sampai hari dia tidak bab ke berapa perlu saya bawa ke dokter? kira2 apa yang perlu saya lakukan untuk sementara ini? terima kasih sebelumnya..

  56. giovanno May 26, 2010 at 12:03 am #

    hai tips…
    aq maw nanyya…usia anakku 6 buln..tips nya donk buat mengatur pola mkannya …..bayiku menyusui juga minum susu…

  57. feronika May 23, 2010 at 3:59 pm #

    Hi tips

    ??????ªªu nanya anak saya 4 juni besok 7bln, hari ini mpasi nya bubur beras merah+wortel+bayam+ikan salmon, tp sepertinya tdk begitu doyan.,sebenernya sdh boleh makan ikan atau daging sapi lum? Kalo bubur+wortel+ati ayam dia doyan sekali saya kasih stengah piring makan baby msh minta nambah,apa boleh ditambah?
    Bubur Beras merahnya saya buat sendiri: beras merah organik dicuci ditiriskan lalu di sangrai setelah itu dihaluskan. Apa caranya sdh benar?
    Bubur beras saya masak 1sdm dengan air 75cc apa sdh benar?
    Makasih ݪª atas jawabannya

  58. tipsbayi May 6, 2010 at 2:17 am #

    dina:

    Kenyamana dengan ibu tentu berbeda dengan yang lain.. ;-)

    Pada usia 2-12 bulan, umumnya bayi tidur selama 9-12 jam pada malam hari dan tidur siang 1-4 kali sehari. Pola tidur bayi dan batita akan berubah sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya.

    Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh, pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

  59. dina May 4, 2010 at 12:13 am #

    saya mau menanyakan kenapa anak saya jarang sekali tidur siang disaat sy sedang bekerja…tapi jika saya di rumah dia bisa tidur nyenyak…apakah wajar jika anak saya kurang tidur disiang hari…???bagaimana cara biar anak saya tercukupi tidur siangnya…padahal dia sudah kenyang…umur anak saya saat ini 6 bulan

  60. tipsbayi April 30, 2010 at 4:07 am #

    nita mungcal:

    Kami juga senang Anda bisa gabung di sini.. ;-)
    Perkembangan kemampuan bayi berbeda, banyak faktor yang mempengaruhi termasuk berat badan.. Anda jangan khawatir berikan saja terus rangsangan dengan membiasakan bayi Anda tengkurap walaupun sebentar..

    Sebenarnya Anda tak perlu khawatir jika rambut bayi Anda tipis atau botak. Selama bayi Anda sehat, tak ada masalah. Apalagi pada bayi, yang tumbuh adalah rambut sementara, bukan rambut permanen. Yang jelas, selama bayi Anda sehat, pertumbuhan rambut akan sesuai dengan faktor genetik. “Akan tetapi, faktor-faktor lain di luar faktor genetik juga bisa mempengaruhi tekstur rambut.” seperti sinar matahari dan kebersihan, termasuk biang keringat..

    Di sisi lain, jika ada bayi yang terlahir dengan rambut tebal, ini juga bukan jaminan rambut permanennya akan lebat. Bisa jadi tebalnya rambut ketika lahir merupakan pengaruh hormon Androgen dari sang ibu dan sifatnya sementara saja.

    Rambut tebal sebenarnya lebih ditentukan oleh faktor keturunan…

    Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Jadi bayi Anda sudah bisa diberikan MPASI..

    Untuk MPASI-nya Anda bisa memberikan
    - bubur susu, yang campurannya ASI
    - Sereal yang dicampur dengan ASI
    - Pure pisang
    - Pure kentang
    - Pure apel
    - Pure wortel
    *untuk pure bagusnya dicampur dengan ASI agar BB bayi Anda stabil

  61. nita mungcal April 28, 2010 at 7:21 pm #

    Halo tips bayi, seneng banget bisa ketemu website ini. Umur babyku 5 bulan 13 hari, beratnya 8 kg.masih aku kasih asi, trus biskuit 1 keping tiap jam 3 sore. Mau nanya:

    - belum bisa tengkurap, karena berat badannya ya? apa perlu dikurangi ?

    - waktu lahir ampe sekarang, rambutnya engga dicukur / dipotong, cuman sekarang ada di beberapa tempat kaya’ botak , jadi gimana itu ya ? minta saran, please ?

    - apa umur segini harus dikasih makanan lain selain biskuit ?

    thanks banget, ditunggu comment dan saran nya.

  62. nita mungcal April 28, 2010 at 7:20 pm #

    Halo tips bayi, seneng banget bisa ketemu website ini. Umur babyku 5 bulan 13 hari, beratnya 8 kg.masih aku kasih asi, trus biskuit 1 keping tiap jam 3 sore. Mau nanya:

    - belum bisa tengkurap, karena berat badannya ya? apa perlu dikurangi ?

    - waktu lahir ampe sekarang, rambutnya engga dicukur / dipotong, cuman sekarang ada di beberapa tempat kaya’ , jadi gimana itu ya ? minta saran, please ?

    - apa umur segini harus dikasih makanan lain selain biskuit ?

    thanks banget, ditunggu comment dan saran nya.

  63. wiZalDi April 27, 2010 at 10:48 am #

    Dear tips Bayi,
    Anak saya skrng usia 5bln skrng dia mulai untuk merangkak (meski blum bgtu lancar) ,setiap dia tengkurap dan mulai untuk merangkak mengapa bagian telapak kakinya slalu basah spt keringat tapi hanya pada bagian telapak kakinya saja.apakah itu tidak berpengaruh pada kesehatan bayi saya?Mohon bantuan & saranya.tq
    tolong email saya di http://www.wwizaldi@yahoo.co.id

  64. tipsbayi April 21, 2010 at 3:13 am #

    Solika:

    BAB 3-4 kali sehari termasuk WAJAR, apalagi bayi Anda terlihat sehat tidak ada keluhan. Seiring dengan bertambahnya usia maka pola BAB bayi Anda akan berubah. Prinsip sederhananya pengeluaran bagaimana pemasukan juga.. Asupan bayi Anda sudah cukup bagus.. ;-)

    Dan Anda jangan khawatir.. apabila makanan keluar melalui BAB berarti sudah menjadi ampas dengan kata lain yang keluar adalah sisa makanan yang sudah diserap oleh tubuh bayi Anda.. Jadi tidak menyebabkan kekurangan gizi.. ;-)

  65. Solika April 20, 2010 at 6:18 am #

    Dear Tips bayi,
    Bayi saya skrg usia 6 bln 20 hr, sdh saya beri MPASI. BBnya 7 kg P.68 cm.makannya bubur yang saya buat sendiri dari beras merah+sayur/buah. belum saya beri daging/ikan. Makannya sekarang 3x sehari, dgn variasi biskuit/pisang pukul 10 dan 15.00. tapi sejak mulai makan sekarang BABnya jadi sering sekali bisa 3-4x sehari, (maaf) fesesnya lembek kadang agak keras. Selain itu dia minum sufor yang soya dan ASI di makam hari. Apakah normal BAB sampai 3-4x sehari? Dengan seringnya BAB apa dia tidak kekurangan gizi karena makannya langsung keluar lagi. Mohon bantuan & srannya. trims

  66. tipsbayi April 13, 2010 at 2:47 am #

    Ani:

    Tidak semua bayi yang makan pisang jadi sulit BAB. Sifatnya individu, hanya pada sebagian bayi berpengaruh demikian..

    Maka untuk lebih amannya Anda cari pisang yang benar-benar manis.. dan variasikan dengan buah yang lainnya.. ;-)

  67. Ani April 12, 2010 at 8:33 am #

    Hari ini anak saya usia 6 bulan, dan baru mulai diberi MPASI, saya berikan pisang dan miminya tetap ASI dan sedikit air putih saat makan saja. mau tanya apakah klo diberi pisang bikin baby susah BAB ya?

  68. tipsbayi April 5, 2010 at 2:28 am #

    maya:

    1. Ada kemungkinan apabila ASI-nya sudah tidak keluar karena berhenti menyusui sudah lama, maka akan sulit untuk keluar kembali. Karena ASI itu hukumnya supply dan demand. semakin banyak disusui dan dipompa akan semakin banyak berproduksi.. Akan tetapi apabila baru berhenti beberapa waktu dan atau memang ASI masih keluar maka Anda bisa menyusui bayi Anda sampai bayi Anda berusia 2 atau 2,5 tahun..

    2. Apabila memang ASI masih keluar, Anda bisa perkenalkan kembali bisa dengan disusui langsung atau dengan diperah dan dimasukan botol susu (apabila sudah terbiasa dengan botol).. Ada kemungkinan untuk awal bisa saja ada penolakan, akan tetapi coba terus dengan sabar.. Karena ASI adalah makanan terbaik untuk bayi Anda, tidak ada yang bisa menyamai walaupun sufor mahal sekalipun.. ;-)

  69. maya April 3, 2010 at 7:11 am #

    dear tips bayi,..

    Saya mempunyai bayi usia 5 bulan tapi bayi saya sudah tidak mau minum ASI lagi. Yang ingin saya tanyakan :
    1. Apakah ada kesempatan untuk saya agar bayi saya mau minum ASI kembali?
    2. Bagaimana caranya agar bayi saya mau minum ASI saya lagi?

    Mohon informasinya di email ke saya

    Terima Kasih…

  70. tipsbayi March 12, 2010 at 1:01 pm #

    ummu umar:

    Maaf ya baru terjawab. Kami rasa jawaban untuk Anda sudah ada di salah satu jawaban pada komentar di atas. Jadi kami kopi saja ya di sini…

    Berikut ini salah satu jadwal pemberian MPASI untuk bayi yang bisa Anda ikuti:
    (jadwal ini adalah untuk bayi berusia 6-9 bulan dan diterapkan secara bertahap)

    Pukul 06.00 (bangun tidur)
    ASI/PASI

    Pukul 08.00 (makan pagi)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 10.00
    Buah segar/ biskuit (tidak mengandung susu sapi)

    Pkl. 12.00 (makan siang)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 14.00 (sebelum tidur siang)
    ASI/PASI

    Pkl. 16.00
    Buah segar/ biskuit (tidak mengandung susu sapi)

    Pkl. 18.00 (makan malam)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 21.00
    ASI/PASI

    Selamat mencoba :)

    Untuk takaran makan berikan sesuai kesiapan dan berikan dengan bertahap.. ASI bisa sesuai permintaan bayi Anda..

    Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan 5 porsi kecil (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah…

    Untuk cara membuat MPASI, coba Anda baca di:

    makanan bayi

    Cari yang untuk bayi 6 bulan.

  71. ummu umar March 12, 2010 at 6:32 am #

    tips jwb donk pertnyaan saya…ditunggu nih

  72. ummu umar March 10, 2010 at 11:14 am #

    oh iya tips hri ini dberi pure kntang hanya 1x pagi saja dng porsi sdikit kira2 2 sndok makan stlah masak n d + asi. itu cukup atau kurang?

  73. ummu umar March 10, 2010 at 10:55 am #

    assalamu’alaykum tips,
    tips thanks y jwbnnya. sdah d coba untuk hari ini yaitu pure kntang + asi. untuk asinya sbaiknya dstok atau dperah saat dbuat mkanan? trus untk awal2 ini sbaiknya 1hari brp kali ? untk jenis mkanannya brapa hari min. d perkenalkn shingga tau alergi atau tdk n bisa k jenis yg lain?alhamdulillah ktika dcoba, umar senang2 saja memakknya n trlihat interest skali krn riang. oh iya sbaiknya dhaluskannya pkai blender atau ckup d tekan2 dng sndok? perlu dsaringkah? pd hari kbrapa kira2 bisa dberi mpasi 3x shari? maaf y tips bnyk tnya :) syukron atas perhatiannya. d tunggu sgera y jwbnnya, dah g sabar nih mau buat berbagai mcam mpasi.

  74. tipsbayi March 9, 2010 at 4:30 am #

    ummu umar:

    Meliha usia umar dan perkembangan kemampuan yang umar perlihatkan, insya Allah umar sudah siap menerima MPASI..

    Apa yang sebaiknya Anda berikan pertama kali?

    Anda bisa mencoba:

    - Sereal yang dicampur dengan ASI atau susu formula

    - Pure pisang

    - Pure kentang

    - Pure apel

    - Pure wortel

    Perhatikan reaksinya setelah pemberian MPASI. Jika tidak ada gangguan pencernaan atau tanda-tanda alergi, maka menunya bisa Anda teruskan…

    Yang Anda harapkan adalah memang yang terbaik untuk bayi Anda.. Sebaiknya Umar diberikan ASI sampai usia 2 atau 2,5 tahun..

    Setiap orangtua pasti ingin memiliki anak yang sehat dan cerdas. Segala daya dan upaya akan dilakukan oleh sang ibu dan ayah agar tujuan tersebut tercapai. Mulai dari sering mendengar musik klasik, minum vitamin, rajin berolahraga sampai memberikan susu formula yang mengandung AA dan DHA yang dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan anak.

    Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun atau 2,5 tahun..

    Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya. Padahal dengan memberikan ASI, kesehatan dan kecerdasan sang bayi pun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

    Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

    Jadi pilih ASI atau sufor…? :-)

    Bayi aktif tanda sehat.. Bayi dibawa keluar tentu akan senang karena akan melihat hal-hal baru. Tidak apa-apa..

  75. ummu umar March 6, 2010 at 2:58 am #

    Assalamu’alaykum tips bayi,
    Saat ini Umar berusia 5,5 bln n sdh bisa melakukan spt yg tips berikan diatas. Apakh sdh bleh dicoba untuk dberikan MPASI? bagusnya bubur atau buah dahulu? trus saat ini hanya ASI tnpa sufor n rencananya stlh MPASI pun akan ttp ASI saja, apakh itu sdh cukup? kpan harus diberikan tmbahan sufor? (maunya sih ASI aja^_^ murah n mudah).Skrng ini teriaknya tmbah keras, apa memang bgtu? trus kl drmah aktif skali, ngocehnya, geraknya tp kl dbawa kluar jd pendiam, apa krn blm knal dng orang lain? Mohon bantuannya yah tips..
    Wassalamu’alaykum

  76. tipsbayi March 3, 2010 at 4:35 am #

    etin puspita sari:

    Bayi Anda 6 bln 29 hr BB 10,5 kg memang besar. Akan tetapi, bila panjang badan sesuai dengan berat (+- 75 cm), dan aktifitasnya tidak terhambat paling tudak bayi Anda sudah bisa tengkurap bolak balik, maka bayi Anda belum disebut overweight. Jadi, Anda jangan terlalu khawatir dan tetaplah berikan ASI..

    Rencana pemberian MPASI baik sekali, karena bayi Anda memang sudah saatnya mendapatkan MPASI. Berikan selalu sayuran. Untuk sayuran Anda bisa memberikan sayuran 5 warna biru/ungu, hijau, putih/kecoklatan, kuning, merah..

    Berapa banyak dalam sehari? Bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan 5 porsi kecil (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

    Bagus makanannya buatan Anda sendiri, karena apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

    Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

    1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
    2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
    3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
    4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
    5. Mudah
    6. Hemat

    Untuk resepnya Anda bisa lihat pada kategori makanan bayi, Anda bisa mendapatkan dan memcoba beberapa resepnya..

  77. tipsbayi March 3, 2010 at 4:16 am #

    lailatul masyrifah:

    Membuat tim.. Anda bisa lihat pada daftar artikel utama, disana akan Anda dapatkan judul-judul artikel tentang Tim untuk bayi 6 bulan. Atau Anda bisa klik kategori makanan bayi yang ada di sebelah kanan tampilan menu utama, Anda akan menemukan bermacam-macam resep tim dan cara membuatnya.. Selamat mencoba.. ;-)

  78. etin puspita sari March 1, 2010 at 6:36 am #

    tips baby ku sekarang uda 6 bln 29 hari BBny 10,5kg, anakq minum asi nya kuat banget (sering) n skrng uda mulai mpasi tp buatanq sendiri yg mau aq tanyai ap anakku itu BBnya bisa dikategorikan overweight??? trs minta masukan resep buat mpasi nya ya…. TQ ;)

  79. lailatul masyrifah February 26, 2010 at 2:47 am #

    tips mau tanya, gmn sih cara yg benar bikin bubur tim buat bayi? anakku umur 6 bulan. makasih…..

  80. tipsbayi February 2, 2010 at 12:13 am #

    baya:

    Kalau memang Anda ragu, sebaiknya Anda memerah ASI secara alami saja.. Itu akan lebih aman dan lebih nyaman untuk Anda.. Karena ketenangan Anda akan berpengaruh juga terhadap produksi ASI.. ;-)

  81. baya January 27, 2010 at 7:12 am #

    dear tips,,,,

    katax klo dengan memompa payudara qta dengan alat pompa asi, pembuluh darah payudara qta akan pecah,,,apa benar begitu,,,,,,saya tunggu ya tips jwbx.tks

  82. tipsbayi January 26, 2010 at 3:29 am #

    baya:

    Disaat bayi Anda mulai diperkenalkan makanan padat maka bentuk fesesnya akan berbeda dengan sebelumnya, maka bayi Andapun perlu adaptasi akan hal ini. Jadi wajar saja bayi Anda seperti ngeden susah BAB karena masih belajar lho..

    Solusi, hendaknya Anda pertahankan pemberian ASI bahkan untuk campuran bubur susunya kalau bisa Anda gunakan ASI. Jaga nutrisi Anda juga, banyaklah mengkonsumsi makanan kaya serat.. ;-)

    Saran kami, berikan bayi Anda makanan racikan sendiri dengan demikian Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh bayi Anda, minimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

  83. tipsbayi January 26, 2010 at 3:20 am #

    lintang utari anggoro:

    Selain memvariasikan makanannya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

    * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

    * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

    * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

    * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda.. :-)

    * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya ..

    * Anda perlu membiasakan melatih bayi Anda makan sendiri untuk melatih motorik halus dan kasarnya juga melatih kemandirian.. Hanya saja tetap perlu pengawasan dari Anda.. ;-)

    Meskipun bayi Anda sudah mendapat MPASI akan tetapi posisi ASI masih tetap sebagai makanan utamanya, maka teruskan pemberikan ASI, usahakan jadikan ASI sebagai campuran makanannya agar rasanya tidak terlalu jauh dengan rasa ASI..

  84. tipsbayi January 26, 2010 at 3:07 am #

    ayu:

    Usia rizal 6 bulan BB 8,5 kg memang sedikit lebih dari ideal, dan ini bisa saja merupakan salah satu yang mempengaruhi kemampuan rizal merangkak agak telat meskipun sebenarnya belum telat kok.. ;-)

    Kemampuan perkembangan setiap bayi akan berbeda, banyak faktor yang mempengaruhi termasuk salah satunya berat badan bayi bahkan keturunan juga lho… Bila rizal belum ada kemauan untuk ngemut jari atau memasukan barang yang ada di sekitarnya ke mulut, berarti memang wajar biskuitnya dilempar bahkan melempar biskuit juga adalah salah satu tanda motorik kasarnya berkembang..

  85. tipsbayi January 26, 2010 at 2:55 am #

    iin widya:

    Mohon maaf keselip, jadi baru dijawab.. :-)

    Sayang sekali sudah tidak minum ASI ya.. Memang benar biasanya bayi suka sekali air putih, tetapi terlalu banyak air putih dapat menganggu keseimbangan cairan dalam tubuh bayi. Susu (terutamaASI) merupakan cairan yang terbaik untuk tetap menjaga bayi terutama yang belum banyak memakan makanan padat dari ancaman dehidrasi, bahkan untuk bayi dibawah 6 bulan jangan dberi minum air putih, meskipun nantinya anak Anda sudah 7 bulan ada baiknya bayi Anda jangan diberi terlalu banyak air putih dulu, cukup diberikan untuk mendorong makanan saja, perbanyaklah ASI atau sufor..

    Saran kami, berikan bayi Anda makanan racikan sendiri, karena apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

    Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

    1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
    2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
    3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
    4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
    5. Mudah
    6. Hemat

  86. baya January 23, 2010 at 4:11 am #

    salam kenal tips bayi,,,,saya punya bayi brumur 6 bln,,,sdh saya ksih makan sesuai ptunjuk tips bayi.awalx saya beri pure wortel,,,lalu pure kentang,,,trus cerelak beras merah,,,,dgn hari yg berbeda,,…alhamdulillah pubx lancar aj,,,tpi skrg klo bayi saya pub dia pasti ngeden,,trkadang ksihan liatx,,tp saya liat pubx kentel nga keras,,,,yg saya mau tnykan klo bayi sering ngeden tiap mau pub itu nga masalah y….yg pasti pub bayi saya kental,,,nga sperti wktu mnum asi to.

  87. tipsbayi January 17, 2010 at 1:21 am #

    Ratnasari:

    Anda menggunakan ASI sebagai campuran MPASI itu sudah tepat, untuk porsinya memang benar Anda harus memberikannya secara bertahap. Anteng ketika makan ini adalah kebiasaan, karena bayi Anda baru saja memulai prosesi makan maka sudah pasti ini adalah kebiasaan baru untuk bayi Anda. Untuk itu ini perlu mulai DIBIASAKAN..

    * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

    * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

    * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

    * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda.. :-)

    * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya ..

  88. lintang utari anggoro January 14, 2010 at 2:20 am #

    dear tips….
    putriku usia 6 bulan, saya mau tanya soal saat makan sering bosan, jadi makanan sering tidak ditelan, dia mau telan makanannya saat pertama suapan sampai 4 suapan sendok baby…., saya bingung cara supaya si kecil doyan makan sesuai porsina…., tq mohon masukannya

  89. ayu January 7, 2010 at 11:51 pm #

    koq anakku rizal umur 6 bln blm bs merangkak y?apa normal?BBnya 8,5kg.
    rizal jg belum bs pegang biskuit sendiri,bisa tapi cuma sebentar habis itu dia lempar.
    tlg d jwb y…………..

  90. iin widya January 7, 2010 at 3:59 am #

    dear tips..
    bayi saya sekarang usianya sudah 5.5 bulan. saat ini saya sudah memberikan MPASI sebagai perkenalan, MPASI yang saya berikan yaitu bubur instan yang tidak mengandung susu sapi karena bayi saya alergi susu sapi. bubur yang saya berikan Beras merah + pisang. sebagai pengenlan saya memberi makan bubur tsb hanya di siang hari yaitu antara pk. 12 – 13. dengan takaran 1 sendok makan. dan saya biasanya memberi air putih setelah makan bubur dengan cara pake sendok.
    alhamdulillah bayi saya seneng sekali makannya.

    yang saya tanyakan apakah baik bila saya memberi air putih sedikit setelah makan bubur dan bila harus minum setelah makan sebaiknya dikasih minum setelah berapa menit, atau langsung dikasih susu setelah makan. ( maaf anak bayi saya sudah tidak minum asi lagi coz bayi saya tidak mau minum asi saya.. hanya minum selama 3 bln saja )
    terimakasih dan mohon masukannya :)

  91. Ratnasari January 6, 2010 at 11:21 am #

    Dear Tipsbayi, anak kedua saya,laki2, skrg sudah hampir 5,5 bln. Sejak bbrp hari yll sudah saya berikan MPasi meskipun baru 1x sehari, itupun porsinya sedikit sekali karena hanya utk pengenalan. Baru 1 macam rasa yg dicoba. Awalnya dia senang, tp setelah hari ke3 mulai susah pd saat diberi makan. Tidak mau duduk diam diBumbo seatnya. Digendongpun dia malah mencari2 asi. Selama ini dia hanya minum ASI saja. MPasinya pun saya campur dgn asi, bukan sufor atw airputih.

    Bagaimana ya caranya supaya dia mw anteng pd saat makan?saya khawatir dia jd susah makan spt kakaknya yg perempuan yg saat ini usianya sdh 2,4 bln.

    Makasih tips, saya tunggu jwbannya segera yah :)

  92. tipsbayi January 5, 2010 at 3:33 am #

    ibu restu:

    Jelas makanan buatan sendiri lebih bagus.. dari kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

    Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

    1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
    2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
    3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
    4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
    5. Mudah
    6. Hemat

    Berikut ini salah satu jadwal pemberian MPASI untuk bayi yang bisa Anda ikuti:
    (jadwal ini adalah untuk bayi berusia 6-9 bulan dan diterapkan secara bertahap)

    Pukul 06.00 (bangun tidur)
    ASI/PASI

    Pukul 08.00 (makan pagi)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 10.00
    Buah segar/ biskuit (tidak mengandung susu sapi)

    Pkl. 12.00 (makan siang)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 14.00 (sebelum tidur siang)
    ASI/PASI

    Pkl. 16.00
    Buah segar/ biskuit (tidak mengandung susu sapi)

    Pkl. 18.00 (makan malam)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 21.00
    ASI/PASI

    Selamat mencoba :)

    Untuk takaran makan berikan sesuai kesiapan dan berikan dengan bertahap.. ASI bisa sesuai permintaan bayi Anda..

    Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan 5 porsi kecil (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

  93. tipsbayi January 5, 2010 at 3:14 am #

    Daru:

    Seiring dengan perkembangannya yang semakin aktif NORMAL saja bila berat badannya agak melambat padahal perkembangannya tetap ada meskipun bukan kepada berat badan..

    Saran berikan selalu bayi Anda makan makanan dengan gizi seimbang. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang cukup.

    Tetapkan jadwal makan yang tetap, tingkatkan kekerasan dan porsi makan sesuai dengan perkembangan usianya. Pertahankan pemberian ASI sampai bayi Anda berusia 2 atau 2,5 tahun.. ;-)

    Ingat ASI masih makanan utama bayi Anda..

    Untuk account Anda agar lebih yakin silahkan Anda registrasi ulang di:

    http://www.tipsbayi.com/masihminat.html

  94. tipsbayi January 4, 2010 at 4:17 am #

    melissa:

    Wah mohon maaf nih keselip.. baru bisa dijawab.. :-)

    Perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda.. Anda jangan terlalu khawatir.. Apabila sudah waktunya Insya Allah akan bisa duduk dan tumbuh giginya kok.. Hanya saja tetap Anda harus merangsang agar bayi Anda lebih termotifasi lagi..

    Untuk membantu menyangga badan bayi Anda sebaiknya lakukan yang sekiranya nyaman untuk bayi Anda.. :-)

    Merangsang bayi Anda belajar berdiri pada usia dimana bayi sudah siap untuk itu, Insya Allah tidak akan mengganggu perkembangan kaki bayi Anda.. Memang bentuk kaki bayi seperti bengkok akan tetapi itu akan berubah seiring dengan usianya..

  95. ibu restu January 2, 2010 at 2:30 am #

    tips,sekarang bayi q genap berusia 6 bulan.Pada usia 5 bulan kemaren,dah dikasih MPASI.Kadang biskuit,bubur instan,sekali-kali buah pisang dan alpokat,tapi yang paling sering pakai tepung beras buatan sendiri.Yang ingin saya tanyakan mana yang lebih baik,,makanan instan atau buatan sendiri?kapan jadwal pemberian makan,buah, sayur agar seimbang gizi bayi.terimakasih

  96. Daru December 24, 2009 at 3:27 pm #

    Mau tanya, bayi aku tanggal 1 januari ini berusia 6 bulan, sekarang bayi sedikit ngomong tapi banyak gerak, sudah belajar duduk dan mau merangkak. yang jadi pertanyaan saya kenapa berat badannya agak susut walaupun masih normal. oh ya bayi aku cewek. Apakah semua itu normal dan kira2 makanan apayang cocok buat bayi saya? . dan terakhir apakah account saya masih aktif di tips bayi.com. Trims. mohon dibalas.

  97. melissa December 17, 2009 at 1:13 am #

    Bayi saya umur 6 jalan 7.kenapa anak saya belom bisa duduk dan tumbuh gigi.
    Baru bisa tengkurep?apa kah anak umur 6 bulan jalan 7 boleh di mandikan berdiri,dan kalo sedang bermain selalu di berdirikan dengan di bantu berdirikan dengan keteknya di pegangin satu.apakah itu dapat mengagangu perkembangan kaki anak saya.misalnya menjadi bengkok.
    Terima kasih atasa jawabannya.

  98. tipsbayi December 10, 2009 at 3:11 am #

    Salsabila:

    Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

    Hati-hati pemberian makanan yang kurang matang bisa menyebabkan BAB keras juga.., makanya berasnya disangrai terlebih dahulu..
    ;-)

  99. desy December 9, 2009 at 4:55 am #

    tips bayi wajarkah jika bayi ketika menyusu atau tidur siang maupun malamselalu berkeringat sampe bantalnya basah dan terkadang kaki tangan basah sekali apa ada pertanda sakit tertentu thanks ya

  100. Qory December 5, 2009 at 12:03 am #

    komposi2 MP asi yg slma ini q buat mngandung unsur syur&daging hmpir setiap sore itu pa g beresiko mkanya daging trus tuk kedepanya??????????pe skrng dia msh mi2k asi tus se2x tak coba sufor tpi mlh dia g mau tktnya kelak lo dah g netek trus dia g mau mi2k su2 tuk pertmbuhan gmn y??????????

  101. Deas December 4, 2009 at 7:43 am #

    Dear Tips Bayi…

    Bayi sy umur 5bln 2minggu berat 8kg, sdh diberi mpasi (pagi bubur susu, siang pure buah, sore pure kentang/labu/ubi), sufor siang hr, dr jam 8 pagi-jam 5 sore bisa habis 5-6 botol @120ml & asi mlm hari (krn sy bekerja). pertanyaan sy, bayi sy klo mlm jadwal asi nya hanya jam 6 sore minum asi, jam 7 minum asi lalu tidur, jam 10/11mlm asi, selebihnya sulit sekali dikasih asi, terkadang jam 2 pagi mau kadang tidak, apakah normal klo mlm ga perlu dikasih asi? bangun jam 5pagi, jam 6 mkn bubur susu, krn dia tidak mau asi tp langsung menagih buat mkn, trims tips bayi, ditunggu jawabanya

  102. Salsabila December 4, 2009 at 4:19 am #

    Gimana cara buat sereal beras.

  103. tipsbayi December 1, 2009 at 4:35 am #

    Qory:

    Merangkak pada usia 6 bulan.. itu NORMAL .. Dan memang kebiasaan bayi umuran segitru senang memasukan segala benda yang ada didekatnya ke dalam mulut. Itu BIASA.. hanya saja Anda perlu memperhatikan keberadaan benda-benda yang ada disekitar bayi Anda. Janagn sampai ada benda yang membahayakan keselamatan dan kesehatannya..

    Kuman ya… Maka dari itu bayi Anda memerlukan sistem imun yang kuat untuk menghalau berbagai serangan kuman tersebut.. Dan cara yang terbaik untuk memberikan sistem imun yang baik adalah dengan memberikan ASI..sekali lagi ASI.. dan memberikan MPASI dengan komposisi zat gizi yang seimbang. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang cukup.. ;-)

  104. Qory November 30, 2009 at 6:11 am #

    trims ats nsehatny,ank sy slm ini sdh mrlampau fase2 dlm perkmbangan skng dia mncb tuk merangkak,kira2 seusia dia(6bln) perkmbngny nomal g??benda pa j yang mnrk bg dia lgsng dmskkin mlt pa g bhya semua bnd kan mngndung kmn bgaimna crny?????????biar bayiku sehat perkmbngny jg normal

  105. tipsbayi November 30, 2009 at 3:53 am #

    Qory:

    Bagus Anda memberikan MPASI buatan Anda sendiri. Pengeluaran bagaimana pemasukan juga dan frekuensi pipis sangat dipengaruhi oleh asupan cairan, jadi normal saja kok..

    Teruslah berikan ASI.. tidak ada sufor yang bisa menandingi kandungan ASI.. :-)

  106. Qory November 28, 2009 at 3:40 pm #

    anaku sekarang jln 6bln akhir2 ini di sering ngompool trus dah tak ksih MP ASI tapi aku buat sendiri trus tak ksh sufor tapi mlah pi2s trus pa krn sufornya??trims

  107. tipsbayi November 25, 2009 at 4:27 am #

    bunda nazam:

    Kemampuan dan perkembangan setiap bayi berbeda-beda, banyak faktor ikut mempengaruhi perkembangan bayi.., jadi tidak bisa ditentukan dengan umur bayi, bimbing saja terus bayi Anda dengan cara berikan ransangan agar bayi Anda lebih termotivasi untuk belajar.. :-)

    Insting bayi seumuran bayi Anda memang biasa memasukan benda-benda pada mulutnya, ini wajar akan tetapi perlu perhatian ekstra dari kita..

  108. wienca November 24, 2009 at 9:27 am #

    dear tips bayi,
    anak saya tgl 3 des nanti usianya 7 bulan,
    saat ini dia senang sekali menggigit apapun yg dipegangnya, tapi klo dikasih makan dia kurang respon, apakah ini wajar?
    saat 6 bulan dia baru mulai tengkurap da bolak-balik sendiri, dan saat ini sudah minta duduk dah titah, apakah masih dalam tahap wajar?
    giginya belum ada tumbuh nih, padahal dia senang sekali gigit2, kt org mungkin gusinya ud gatal.
    mohon pencerahannya…tq
    salam
    bunda nazam

  109. tipsbayi November 5, 2009 at 4:06 am #

    muhammad :

    Pertumbuhan kemampuan setiap bayi pasti berbeda termasuk pertumbuhan gigi, setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan gigi yang sama. Apabila sudah waktunya akan tumbuh juga kok..:-)

    Keadaan bayi Anda sepertinya Normal saja, hanya Anda perlu memberikan rangsangan dengan cara lain misalnya mendudukannya dengan cara masih menopang badannya sambil sesekali dilepas, untuk belajar jalan kursi plastik kecil untuk didorong-dorong oleh bayi Anda yang sedang belajar berjalan terbukti lebih banyak manfaatnya, untuk bisa berjalan dengan normal, bayi Anda harus belajar untuk melangkah tanpa bertumpu kepada benda apapun..

    Untuk minum dan makanan bayi jelas yang paling baik adalah air susu ibu, bahkan untuk bayi dibawah 6 bulan jangan dberi minum air putih, meskipun anak Anda 7 bulan ada baiknya anak Anda jangan diberi terlalu banyak air putih dulu, perbanyaklah ASI..

    ASI saja BAGUS… Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun atau 2,5 tahun..

    Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya. Padahal dengan memberikan ASI, kesehatan dan kecerdasan sang bayi pun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

    Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

    Jadi pilih ASI atau sufor…? :-)

    Untuk baby walker Anda bisa baca artikel terkait :

    http://www.tipsbayi.com/index.php/baby-walker-perlu-nggak-sih

  110. muhammad November 5, 2009 at 2:10 am #

    tips,dari umur 6bulan baby udah sering aku kasih air putih dalam kemasan (maaf) seperti aqua.sejauh ini ga da masalah.tapi aku bingung juga apa ga ada efek samping lain kalo minum air yang ga direbus gitu? tips, berapa seh jumlah air putih yang harus di konsumsi baby? o, iya baby ga minum sufor cuman asi aza.kalo cuman minum asi aza apa udah memenuhi untuk DHA nya.baby ga mau minum sufor, kalo disendoki pun dikit aza.kalo dot sama sekali ga mau.

  111. muhammad November 4, 2009 at 4:13 am #

    tiips, kenapa ya baby ko ga tumbuh aza giginya? 2minggu lagi dia 7 bulan.aku udah juga rangsang dia pake teethter.dia sering banget gigit mainannya itu malahan sambil di tarik-tarik pake tangannya.dia juga blom bisa duduk.tapi klo aku taroh di baby walker.dia ga bisa diam,kesana kemari udah.klo berdiri juga lama banget.klo ditaroh di babywalker dia berusaha ambil mainan atau benda yang ada di lantai.apa semua itu tetap dalam keadaan normal?

  112. tipsbayi October 24, 2009 at 1:33 am #

    Meuthia :

    Gak apa-apa kok.. :-) Manisnya kan alami dari buah.., seringlah saja fariasikan agar bayi Anda tidak cepat bosan..

    Berikan bayi Anda makan sesuai dengan kesenangannya dulu sambil kita memperkenalkan dengan bertahap makanan penuh gizi lainnya, tentunya disesuaikan dengan usia dan kemampuannya ;-)

  113. muhammad October 23, 2009 at 1:05 pm #

    tips sekarang baby ku udah 6 bulan 1 minggu.udah mulai aku kasih MPASi.tips,tolong dong kirimin aku resep2 makanan bayi umur 6 bulan.kirim ke email aku aza ya.aku tunggu kirimannya.terima kasih sebelumnya.

  114. Meuthia October 23, 2009 at 9:56 am #

    Bayiq nggak doyan bgt buburtim yg rsx amis&gurih, tnyt wkt timx sy campur dg buah2n dia lahap skali krn rsx manis segar. Jd skrg tiap ngetim sll sy tambhkn apel/pir/pepaya/pisang. Apa gpp tiap hr mkn manis2 gt? Sy kwtr dia tbiasa mkn sll manis, tp kl sy cb bu2r tim sayur tnp buah, mulutx ditutup rapat2. Gmn dunk..

  115. tipsbayi October 22, 2009 at 4:06 am #

    Bunda Zheya :

    Sebaiknya Anda memberikan bubur buatan Anda sendiri selain higienitasnya terjaga bahannya terawasi dan hubungan batin seorang ibu dengan buah hatinya akan tetap terbina.. :-)

    Bayi Anda perlu adaptasi dengan makanan barunya, perhatikan reaksinya setelah pemberian MPASI. Jika tidak ada gangguan pencernaan atau tanda-tanda alergi, maka menunya bisa Anda teruskan…

    Dianjurkan untuk memperkenalkan makanan baru tidak boleh lebih dari satu jenis dalam satu hari. Tidak menambahkan gula dan garam pada setiap MPASI dan dahulukan menu-menu tunggal jangan kombinasi.

  116. tipsbayi October 22, 2009 at 3:50 am #

    Meuthia :

    Ngetim dari beras memang sedikit memakan waktu, oleh karena itu bisa saja kita persingkat waktunya dengan cara ngetimnya direbus hingga hasilnya mendekati bahkan sama kekenyalannya dengan tim yang dikukus.., bisa kok.. dan cara keduanya sama-sama baik ;-)

    Untuk mengurangi rasa amis pada tim ati, Anda bisa campurkan ke dalam tim tomat tanpa biji, tempe atau sayuran lainnya..

  117. Bunda Zheya October 21, 2009 at 4:44 pm #

    Tips,hari ini bayi saya diberi MP-ASI..saat diberikan,dia agak bingung,tetapi berhasil dimakan walaupun sedikit..saya memberikan MP-ASI yaitu bubur susu instan yang dicampur dengan ASI,apakah aman jika dikonsumsi terus menerus?untuk pengenalan,sebaiknya diberikan sesuai jadwal lengkap dengan pemberian biskuit dan buah atau hanya bubur susu saja?dan pemberian bubur susu kira-kira berapa sendok atau sesuai keinginan bayi?kalau untuk membuat bubur susu yang menggunakan tepung beras,apakah tepungnya yang dijual bebas atau khusus untuk bayi?jawab ya,ditunggu loh..

  118. tipsbayi October 13, 2009 at 4:06 am #

    Bunda Zheya :

    Bayi Anda berumur 6 bulan tidak mengapa bila Anda ransang untuk belajar duduk tidak akan bengkok.. :-) , Kemampuan dan perkembangna bayi berbeda, tapi kebanyakan bayi akan mulai belajar duduk pada umur 6 bulan, anak akan menggunakan tangan untuk menopang badan saat duduk, merubah posisi dari terlentang ke tengkurap..

    Bantulah bayi untuk dapat menopang badan saat duduk dengan cara bertahap mulai dari memberi sandaran, memegang badan bayi, dan saat sudah bisa duduk, letakan bayi pada tempat tanpa sandaran.

  119. tipsbayi October 13, 2009 at 3:38 am #

    Trias :

    Wah pasti makannya buanyak ya..? ;-) Pengeluaran bagaimana pemasukan juga sih…, jadi wajar saja PUP 3x makannya banyak sih.., NORMAL kok.. :-)

  120. Meuthia October 12, 2009 at 1:47 pm #

    Kl ngetim bubur beras tu brp menit sih sbaiknya?
    Lbh baik mn memasak dg merebus biasa atau ditim?
    Ada tips g bgmn crx ngetim hati ayam spy tdk amis, hbs amis bgt, bayi sy sush skali mknx mgk krn amis itu ya..

  121. Bunda Zheya October 10, 2009 at 11:30 am #

    Tips,byi sy bln ni gnap 6 bln..alhmdulillah dia sdh bs tngkurap sndr dan tlntang kmbli,tp hny bs k sblh knan aj..yg sy mw tnykn,dy snang klau dlm posisi du2k,tp sy khtwir jika dstimulasi dgn cr ni,ap tdk akn brdmpak bruk pd tlg blkngny,jika blm wktny du2k?pnah sy mndngar dr ortu,nntiny akn bongkok?mksh y sblmny,bnyk info yg brmanfaat bwt kmi..

  122. Trias October 9, 2009 at 12:26 pm #

    Tips mksh sblmnya atas saran2nya…
    alhmd bayiku dah lepas dari Lacto B, dan BAB lancar… ternyata dia tdk tahan dg sufor tahap 2 jd aku mix dg yg tahap 1.
    Menu tetap aku variasi : pagi bursu (beras cklt/brs merah/kcg hijau/ubi) – siang buah – sore bursu + kentang/labu/jagung.
    Nah skrg BABnya jd 3x tiap selesai makan, kdg mkn blm kelar dah pup he3.
    Msh normal kan?

  123. tipsbayi October 8, 2009 at 3:37 am #

    Trias :

    Yang penting untuk diperhatikan, berikan takaran makan bayi Anda sesuai dengan kesiapan bayi Anda dan tingkatkan secara bertahap baik kekerasannya ataupun kwantitasnya, untuk ini maka yang lebih tahu perkembanagn bayi Anda adalah Anda sendiri.., apabila bayi Anda sudah sendawa tetapi masih membuka mulut ketika disodori sendok maka percayalah bahwa masih ada ruang pada perut bayi Anda dan bayi anda masih minat.. :-)

    Maka selain Anda sendiri punya takaran, Anda juga bisa melihat dari minat bayi Anda ketika disodori sendok.., karena kadang-kadang meskipun belum habis takaran yang biasa tetapi bila memang nafsu makan bayi Anda sedang terganggu bisa saja bayi Anda menutup mulutnya.., maka disinilah dituntut kepandaian Anda untuk selalu memfariasikan menu makanan.. ;-)

  124. tipsbayi October 8, 2009 at 3:26 am #

    enno :

    Apakah sebelumnya ada kejadian yang membuat bayi Anda trauma saat dibawa mandi? Ciptakanlah suasana yang menyenangkan saat tiba waktu mandi, carilah mainan-mainan bayi yang bisa dibawa mandi, ajaklah berbicara bayi Anda selama mandi walaupun Anda tahu bahwa bayi Anda tidak mengerti percayalah bayi Anda akan merasa aman dan nyaman bila diajak ngobrol selama mandi, atur suhu air mandi berkisar 48 derajat celcius, cobalah berpindah tempat mandi bayi Anda agar suasananya berubah..

    Selamat mencoba .. :-)

  125. tipsbayi October 8, 2009 at 3:07 am #

    LiaIbra :

    Anda jangan khawatir, Anda juga yang memberikan minum susunya dari botol kan? Usahakanlah Anda yang selalu memberikan susu dari botol layaknya seperti menyusui.., pandanglah wajah bayi Anda dan ajaklah berbicara walaupun bayi Anda belum bisa berbicara, jika nanti bayi Anda sudah mendapat MPASI usahakan Anda yang selalu menyuapi, pandai-pandailah Anda membagi waktu dan perhatian dengan kedua bayi Anda sehingga nantinya bayi Anda akan tahu bahwa Anda ibundanya yang selalu memperhatikan setiap saat, yakinlah bahwa hubungan psikologis bayi dan ibu akan selalu erat.. :-)

  126. Trias October 7, 2009 at 10:21 am #

    Tips, bayiku usia 6bln 3minggu, takaran tiap pembuatan bubur susunya 2 sendok tepung brs/kcg hijau/ubi dll (blm dimasak) untuk 2x maem, itupun kdg di campur dg labu, kentang dll, apa msh kurang? tp terkadang dia sdh sendawa… apa klo sdh sendawa maemnya hrs dihentikan? tapi kdg masih mau maemnya… bantuin ya… thanks

  127. enno October 7, 2009 at 5:26 am #

    sorry ya sblumnya karena sy mau tanya di luar topik alergi…anak saya umurnya 15bulan, dulu ketika msh bayi (sblm setahun) kalo mandi senang sekali…tapi koq sekarang2 ini kalo mandi selalu nangis ya???sy dah coba ajak main air dulu sblm mndi, awalnya emang dia suka banget main air tapi kalo dah dimandiin jadi nangis…tipsbayi punya saran gak spy bayi sy senang diajak mandi…thanks before ya.

  128. LiaIbra October 7, 2009 at 3:10 am #

    makasih banyak infonya. mau nanya lagi nih mungkin diluar topic, tapi menyambung pertanyaan sy sebelumnya tentang mengatasi bayi yg tdk mau nete lgs tapi maunya dari botol. kebetulan sy ibu bekerja, sebelumnya bayi sy nete langsung dr sy. tapi berhubung sy harus bekerja, maka ketika cuti melahirkan akan habis sy latih bayi sy utk minum dari botol (saat itu usianya 2,5 bulan). Itupun agak sulit dan butuh kesabaran yg ekstra karena bayi sy nangis terus selama latihan.
    Nah sekarang sepertinya bayi sy sudah keenakan minum susu dari botol dan gak mau nete lgs. Kalo dikasih nete langsung dia marah dan nangis alias tidak mau, tapi kalo dikasih botol langsung mau.Sedih juga sih sementara bayi2 yg lain sangat senang nete langsung ke ibunya, tapi kok bayi sy gak mau. Khawatir juga kalo gak ditetein langung bayi sy gak kenal ibunya (bener gak sih?). Tolong dong dishare tips2nya spy bayi sy mau lagi nete langsung. hehe sory yaa curhatnya kepanjangan….

  129. tipsbayi October 6, 2009 at 3:38 am #

    LiaIbra :

    Bila tetap dipompa, maka keadaan seperti inipun akan membantu produksi ASI tetap tinggi, selain itu juga Ibu menyusui mesti makan setidaknya 3-4 jenis makanan kaya kalsium setiap hari, keju adalah salah satu sumber kalisium dan protein yang dibutuhkan oleh Anda selain dari susu, ikan, dan yang lainnya.

    Anda sebagai Ibu menyusui membutuhkan konsumsi minimal 2.300 kalori perhari. Tentu saja berupa menu dengan gizi seimbang dan beragam makanan. Kebutuhan akan protein meningkat dan pastikan setiap kali makan terdapat protein dengan takaran pas. Daging, daging unggas, makanan laut, telur, kacang-kacangan, tahu, dan berbagai produk susu merupakan sumber protein yang baik.

    Produksi ASI juga membutuhkan asupan air. Jadi, paling tidak minumlah dua liter air perhari. ;-)

    Dan penting juga tanamkan dalam pikiran Anda bahwa ASI Anda akan mencukupi kebutuhan bayi Anda..

  130. LiaIbra October 5, 2009 at 4:49 am #

    Halo tipsbayi. Bayi saya skr usianya 5 bulan 25 hari kembar perempuan dan laki.susunya asi dan sufor. yg perempuan dari usia 2,5 bulan smp skr tidak mau nete lgs dari saya tapi lewat botol. kalo yg laki masih mau nete langsung tapi sedikit agak susah mesti harus dibujuk.
    Mau tanya apakah kalo tidak di tete langsung, asi tetap bisa berproduksi?

  131. tipsbayi October 3, 2009 at 4:09 am #

    Trias :

    Meskipun Lacto B isinya lactobasillus aman untuk menjaga flora usus normal, tetapi sebaiknya Lacto B tidak usah diminum terus… dikhawatirkan flora normal ususnya juga ikut hilang…

    Biasanya Lakto B diberikan oleh dokter bila bayi diare.., sebaiknya berikan saja ASI, MPASI yang bervarisi dan kaya gizi serta buah-buahan secara terjadwal.. :-)

  132. tipsbayi October 3, 2009 at 3:40 am #

    muhammad :

    Kemampuan dan perkembangan setiap bayi berbeda-beda, banyak faktor ikut mempengaruhi perkembangan bayi.., jadi tidak bisa ditentukan dengan umur bayi, bimbing saja terus bayi Anda dengan cara berikan ransangan agar bayi Anda lebih termotivasi untuk belajar.. :-)

  133. tipsbayi October 3, 2009 at 3:23 am #

    Nia :

    Mimi susu.. maksudnya mimi susu formula bukan ASI..? Untuk mimi ASI ya memang sebaiknya bayi Anda dalam posisi tidur di gendongan Anda.. :-)

    Kemungkinan kenapa bayi Anda mimi susu formulanya inginnya sambil tiduran..? karena terbiasa mimi ASI nya tiduran.., itu tidak apa-apa.. selama diluar aktifitas menyusu bayi Anda aktif ( mau duduk atau belajar berdidi ) dan terlihat perkembangan kemapuan pada bayi Anda secara bertahap, Anda jangan terlalu khawatir, selain itu juga karena kebiasaan setiap bayi berbeda-beda termasuk minat bayi Anda terhadap ASI sebelah kanan itu karena KEBIASAAN maka bisa berubah dengan DIBIASAKAN diberikan sebelah kiri sedikit demi sedikit..

    Berikan MPASI secara bertahap sesuai kesiapan bayi Anda dan BIASAKAN berikan dengan teratur sesuai dengan jadwal .. :-)

  134. Trias October 2, 2009 at 12:31 pm #

    Tips, amankah mengkonsumsi Lacto B setiap hari? sy pernah baca serbuk ini seperti yakult ya? Bayiku yg sblmnya BAB selalu keras krn MPasi, setelah minum ini lgsg lancar BAB tiap hari dan lembek (maaf).Apa tdk ada efek samping jk diminum terus walo BABnya sdah normal? thanks

  135. muhammad October 2, 2009 at 3:08 am #

    tips,sebenarnya umur berapa bulan seh bisa berangkang.tanggal 18 ini baby ku 6bulan.semua yang tips sebutin diatas dia udah bisa.termasuk muter sambil tengkurap ataupun terlentang.kadang bisa balik sendiri klo lagi tengkurap.tapi jarang banget.soalnya dia klo habis tengkurap pasti minta gendong.dia juga udah mulai angkat-angkat pantatnya kadang bisa sampai tinggi banget ngangkatnya.tips tolong ya infonya.thanks

  136. Nia October 1, 2009 at 2:15 am #

    Byi sya tgl 5 bsk b’umr 6bln. Skrg udh mulai di ksh MPASI. Byi sya kalo mimik mau’y smbl tdrn gak mau du2k pa lg b’diri. Ngaruh gak sh ma p’kmbngn’y?trz mw’y jg mimik yg sblh kanan kalo yg sblh kiri gak mau. Gmn ya?

  137. tipsbayi September 30, 2009 at 3:53 am #

    Trias :

    Anda bisa berikan jeruk baby atau jeruk medan manis, untuk pisang biasanya ada yang bagus yang rasanya manis hati-hati kebanyakan pisang rasanya manis ada kesatnya inilah yang menyebabkan sedikit susah BAB, apel manis bagus juga kalau di juice kupas terlebih dahulu karena kulitnya agak kesat..

    Feses hijau termasuk normal tetapi tidak boleh terus-menerus muncul karena berarti sibayi selalu mengisap ASI atau sufor yang mempunyai kandungan gula & laktosa tapi rendah lemak yang membuat bayi cepat lapar kembali.., awalnya keras disebabkan feses mengeras karena 3 hari tidak keluar.., seiring dengan bertambahnya kwantitas asupan bayi Anda dan pola makan yang bagus maka pola BAB bayi Anda akan semakin baik.. :-)

    Havermut itu adalah terbuat dari gandum seperti oat meal sangat banyak mengandung serat, havermut harus dimasak dulu, kalau bayi Anda sudah berusia mendekati 1 tahun boleh diberi cemilan dengan bahan dasar havermut…contoh muffin havermut…

  138. Trias September 29, 2009 at 1:39 am #

    Tanya lagi tips, apa bedanya havermuth & oatmeal ? sy pernah baca ini kaya akan serat ya? baik dikonsumsi bayi usia brp? apa ini makanan instan? atau harus dimasak dulu? tq

  139. Trias September 29, 2009 at 1:22 am #

    Makasih ya tips pencerahannya, stlh aku amati mgkn dari sufornya, akhirnya aku encerin deh…
    Buah apa yg bs melancarkan BAB selain pir & pepaya?
    apa bnr pisang & apel bs nyebabkan sembelit?
    BABnya masih max 3 hari sekali, awalnya keras bulat2 (maaf) berwarna hijau (kyknya dr sufor) tapi seterusnya lembek sesuai yg dia makan.. msh normal kan ? aku jd takut nambah kekentalan buburnya pdhl sdh 1bln mpasinya…

  140. mangga September 29, 2009 at 12:33 am #

    terima kasih atas tipsnya,bayi saya alhmdulillah dlm usia 8bln udah tumbuh gigi 4 serta dah belajar jalan

  141. m4nd0r September 29, 2009 at 12:30 am #

    thanks banget atas infonya alhmdulillah bayi kami sehat

  142. tipsbayi September 28, 2009 at 4:46 am #

    Trias :

    Kalau bisa biasakan Anda siapkan fariasi menu untuk 1 minggu termasuk menu buahnya untuk mengatasi bayi Anda agar tidak mudah bosan..

    Pertahankan pemberian ASI disela-sela jadwal makan, pemberian sufor yang kental juga akan berpengaruh terhadap kekerasan feses bayi Anda, Anda jangan terlalu khawatir dengan feses bayi Anda sejauh bayi Anda anteng tidak rewel, selalulah Anda perhatikan asupan bayi Anda dan perhatikan juga pengeluarannya..maka Anda akan tahu sejauhmana makanan yang bayi Anda konsumsi berpengaruh terhadap fesesnya..

    Perhatikan juga makanan Anda banyaklah minum, makan buah-buahan dan sayuran.. :-)

  143. windy September 26, 2009 at 8:56 pm #

    Oh iya ada yg kelupaan, karena bayi saya tdk mau menyusu kl sedang melek/bangun (baik itu langsung ‘netek’ ataupun dr botol) maka saya kasi susunya dgn cara pakai sendok ke mulutnya. Apakah hal ini masih dikategorikan normal ya?

  144. windy September 26, 2009 at 8:53 pm #

    Halo tips, senang skali dgn adanya website ini.
    Mau curhat sedikit ni n kl bs dikasi saran sih.. :)
    Bayi saya 6 bulan bb nya 7 kilo-an.. Sudah lama (dari awal) tidak mau menyusu asi langsung jd saya pompa. Dan sudah beberapa bulan terakhir dia tdk mau menyusu dr botol kl lagi melek/bangun, mau nyusu dr botol kl sudah tertidur..
    Kenapa ya hal ini bs terjadi kira2? Oh ya bayi saya sudah bs pegang kaki,sdh bs ngambil benda melalui tangan tp blum bs tenkurap n duduk.
    Bayi saya jg tergolong rewel, kl mau tidur nangis, kl mau nyusu nangis..
    Ada saran ga ya kira2? Makasi banyak ya kl pertanyaan sy djawab :)

  145. Trias September 23, 2009 at 12:07 pm #

    Minum ASInya seneng , nafsu makannya gak mesti, kadang lahap kadang enggak, kayaknya bayiku bosenan dg menu maemnya dan aku sdh berusaha berikan variasi… Ehhh ada lagi Tips, 3 hari ini gak BAB , hari ke 3 gagal terus BAB, cuma keluar sedikit dan keras lagi… Padahal sdh aku beri pepaya tiap hari, buburnya jg agak encer… aku lihat fesesnya keras yg didlm dan susah keluar… Apa yg hrs aku lakukan ya tips?

  146. tipsbayi September 23, 2009 at 4:18 am #

    Trias :

    Minum sufornya agak sulit.. apakah minum ASI nya bagus..? Apakah nafsu makannya tetap lahap atau terlihat kurang..?

    Apabila bayi Anda masih ceria dan mau minum ASI, Anda jangan terlalu khawatir.., apalagi makannya masih mau.., memang nafsu untuk minum susu akan sedikit berkurang apabila bayi Anda telah mendapatkan MPASI, berikan ASI selang 1 jam setelah makan..

    Jadwal makan yang Anda berikan sudah cukup.., Anda bisa tingkatkan kwantitas secara bertahap menurut kebutuhan bayi Anda.. :-)

  147. Trias September 22, 2009 at 12:05 pm #

    Tips, bayiku saat ini usia 6 bulan 1 minggu, usia 5,5 bln sdh aku beri MPasi krn minum sufornya sedikit 90cc jarang habis ( selain itu minum ASI juga). akhir2 ini tambah sulit minum sufornya… apa krn sdh kenyang ya? pdhl maemnya msh 1 sendok makan ( blm dimasak ) untuk pagi dan sore sdgkn siang buah/pure buah, kira2 jarak brp lama minum susu dg Mpasi ?
    (6bln BBnya 5,9kg)….
    Apa jdwl & volume pemberian MPasi sy sdh benar?

  148. tipsbayi September 19, 2009 at 3:40 am #

    dian ayu lunsari :

    Bayi yang baru dikenalkan MPASI, tentu perlu waktu lama untuk beradaptasi, pencernaannya juga baru belajar mencerna makanan dan bayi juga baru belajar mengunyah serta menelan. Jadi, hendaknya diteliti dahulu, benarkah bayi Anda tidak nafsu makan atau karena ada masalah lain yang berhubungan dengan proses mencernanya. Misal, bayi Anda memang belum terampil menelan atau tidak suka rasa makanannya.. :-)

    Maka berikan bubur susu dari teksturnya encer sampai meningkat kekentalannya secara bertahap, carilah bahan dasar yang disenangi bayi Anda karena kesenangan bayi berbeda, Anda bisa berikan pure kentang, pure pisang, bubur susu beras merah atau bubur susu kacang ijo, kalau bisa Anda buat sendiri..

    Agar rasanya tidak terlalu jauh dengan rasa ASI maka sebaiknya Anda gunakan ASI sebagai campuran buburnya itu lebih bagus..

    Ciptakan suasana makan yang menyenangkan, ajak komunikasi bayi Anda jangan ada paksaan yang membuat tauma bayi Anda..

    Jangan lupa Anda masih harus terus berikan ASI, jangan takut kurang karena dengan terus Anda berikan maka produksi ASI akan terus teransang..

  149. dian ayu lunsari September 18, 2009 at 7:18 am #

    TipsBayi terima kasih infonya. bayi saya berumur 7 bulan, saya beri ASI jg MPASI karena ASI saya tidak banyak lg. ketika diberi MPASi sulit dan lama &anak saya suka nangis & menutup mulut saat diberi bubur jg susu formula. saya sdh coba berbagai merek, jg saya sudah buat bubur tim sendiri tetapi bayi saya masih tdk mau. trus BB anak saya ketika 6 bln adalah 7,3 kg & sekarang BB nya cuma 7,4 kg. Bayi saya sangat aktif & tdk mudah sakit, tetapi badannya kecil. MPASI apa yg sehat jg disukai bayi?
    Cara memberi MPASI yang baik ?

  150. tipsbayi September 12, 2009 at 3:32 am #

    ignatia :

    Jangan terlalu dipaksa apabila keinginan bayi Anda terhadap MPASI masih kurang, berikan dengan bertahap sesuai jadwal, perlu diingat juga makanan utama bayi Anda masih ASI maka bayi Anda masih minta terus ASI itu bagus.. berikan saja.. ;-)

    Perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda-beda, Anda jangan khawatir bila sudah waktunya bayi Anda insya Allah bisa, bantu terus agar bayi Anda teransang dan terlatih..

  151. tipsbayi September 12, 2009 at 3:22 am #

    Trias :

    Sebaiknya susu atau sufor dicampur terakhir, karena susu tidak perlu dimasak bahkan dengan suhu yang terlalu panas kandungan gizinya akan rusak.. :-)

    Kalaupun sufor perlu dicampurkan dengan bahan makanan pada saat dimasak maka sufor dimasukan terakhir saja untuk menghindari pemanasan yang terlalu lama..

  152. ignatia September 11, 2009 at 10:54 am #

    anak saya usia 6 bulan…….dikash makan pendamping asi cuma mau dikit, dikasih jus buah jg mau dikit tapi klo asi mintaaaaaa terus. gapapa itu ya??trus anak saya itu koq blum bisa mrangkak ya??klo mau ambil sesuatu yang dia suka cara ngambilnya pake guling2 sampe ketempat tujuan. emangnya usia brp sih bisa merangkak?

  153. Trias September 9, 2009 at 1:37 pm #

    Apabila membuat bubur susu apa boleh susu/sufor ikut direbus/dididihkan? bgm dg kandungan gizi yg ada di sufor tsb jk dimasak? tq

  154. tipsbayi September 7, 2009 at 3:09 am #

    Anonymous :

    Sebaiknya untuk bayi Anda pertahankan pemberian ASI saja, tahan dahulu untuk pemberian makanan selain ASI sampai bayi Anda berumur 5 bulan atau sampai bayi Anda memperlihatkan tanda-tanda siap menerima MPASI..

    Memasukan tangan ke mulut pada bayi umur 3 bulan memang biasa, belum tentu bayi Anda sudah siap menerima MPASI.. ;-)

  155. tipsbayi September 7, 2009 at 3:01 am #

    Trias :

    Mohon maaf baru dijawab.. :-)

    Sebaiknya menyimpan tepung beras jangan terlalu lama. Paling lama adalah 2 minggu. Jadi sebaiknya sekali bikin jangan terlalu banyak, apabila tepungnya buat sendiri maka sebelum disimpan sebaiknya dijemur terlebih dahulu lalu simpan pada box kedap udara yang diletakan pada daerah kering atau tidak lembab..

  156. Trias September 5, 2009 at 1:01 pm #

    Tips jawab donggg….

  157. Anonymous August 28, 2009 at 9:03 am #

    Anakku 3 bln, saat ini minum susu formula dan sedikit ASI, dia mulai memasukkan tangan ke mulut. Asupan apa yg sbaiknya mulai dberikan sesuai usianya? Benarkah dgn dberikan sari buah: jeruk, wortel, tomat n kacang hijau?

  158. Trias August 27, 2009 at 12:24 pm #

    Maksimal berapa lama menyimpan (bahan Mpasi, misal :tepung beras) ? Bgm cara menyimpan yg aman dan tahan lama? Tq

  159. tipsbayi August 26, 2009 at 4:42 am #

    Susi :

    Memang itu adalah kebiasaan bayi umur segitu.. :-)

    Apakah bayi Anda sudah diberikan MPASI? Jika pada bayi Anda terdapat tanda-tanda berikut maka sepertinya bayi Anda sudah siap mendapat MPASI

    1. Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
    2. Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
    3. Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
    4. Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
    5. Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

    Bisa juga seumuran bayi Anda akan tumbuh gigi tetapi biasanya kebanyakan pada umur 6-8 bulan..

  160. Susi August 26, 2009 at 1:29 am #

    Boleh bertanya ?
    Anak saya usia 4 bulan 1 minggu, selalu memasukkan jari-jarinya ke mulut & banyak mengeluarkan air liur.

    Terima kasih

  161. tipsbayi August 25, 2009 at 4:06 am #

    nilla :

    Selama bayi Anda tumbuh sehat jangan terlalu khawatir.. :-)
    Untuk perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda, berat badanpun termasuk salah satu faktor yang mempengaruhinya..

    Kalau bisa berikan terus ASI jangan sufor, untuk perkembangannya rajin-rajinlah membimbing bayi Anda memberikan stimulasi yang tidak terlalu memaksanya.. :-)

  162. nilla August 24, 2009 at 1:41 pm #

    Tips bayi mo nanya.. Anak sy tgl 3bsk 6bln,sampe sekarang baru bisa tengkurep,tp ga bisa bolak balik. Anak sy beratnya wkt 5bln udah 8,22kg (ASIX),sy sempat khawatir kegendutan dan takut terhambat geraknya,tp DSA sy blg gpp slama ASIX,dan trus di stimulasi. Tp sy udah stimulasi dgn dimiringin,dan memang dia tdrnya tengkurep dr 3bln. Dan dia senengnya tuh posisi duduk,mgkn engap kali ya hehehe.. Sy bingung jg, blm Mkn aja udah segini,gmn udah mkn?? Oiya wkt lahir dia kecil hanya 2,75kg (perempuan).Jd gmn ya? Perlu ga sih khawatir sy?? Dan gmn lg ya spy dia melewati smua tahap stimulasinya dgn baik? Tq bgt ya…
    Sy tunggu bgt nih tips nya..

  163. tipsbayi August 24, 2009 at 4:47 am #

    Trias :

    Terima kasih.. :-)
    Sama-sama “mohon maaf lahir dan bathin..”

    Amin.. Jazakallah..

    Kami juga mengucapkan “Selamat menunaikan ibadah puasa untuk semua yang menjalankannya.., Semoga Allah memberikan kekuatan untuk menjalankan amal ibadah di bulan yang suci ini..” Amin..

  164. tipsbayi August 24, 2009 at 4:42 am #

    tamie :

    Apakah bayi Anda sudah terlihat tertarik dengan makanan? Berapa lama Anda mencoba memberikan MPASI? Apakah makanannya sama dengan yang kakak Anda berikan pada bayinya?

    Memang adakalanya minat bayi terhadap MPASI tidak sama.. :-) Anda harus sedikit bersabar untuk menunggu waktu yang tepat dan mencari makanan yang disukai bayi Anda.. , tetapi minum ASI-nya masih kuat kan? Jangan khawatir apabila bayi Anda masih bagus minum ASI-nya karena ASI adalah masih makanan utama bayi Anda..

  165. tipsbayi August 22, 2009 at 4:53 am #

    fivin :

    Perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda-beda, berat badan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi, selama bayi Anda tumbuh sehat yaitu tidak rewel senang minum ASI jangan terlalu khawatir..

    Untuk mata bayi Anda saluran air matanya belum terbuka jadi air mata (dan kotoran) jadi menggenang.., letak yang dipijat itu lacrimal sac (kantung yang letaknya di bawah sudut mata dekat hidung), jadi tidak cuma asal tekan2x di daerah sekitar mata. Caranya, siapkan kapas steril beberapa buah (kapas bulat yang direndam air mendidih, lalu setelah dingin dipencet2x untuk membuang kelebihan air). Tekan kantung lacrimal sampai kotorannya keluar semua dan benar2x habis. Lalu pijat/urut dari sebelah sudut mata yang tersumbat sepanjang tulang
    hidung, pijatannya dari atas ke arah bawah. Setelah itu baru ditetesi tetes mata steril yang diberikan dokter (bukan obat, cuma untuk membersihkan mata saja).
    Lakukan 2-3 kali sehari. Ohya, paling enak mijatnya sambil menyusui,
    bayinya jadi anteng :-)

    Bila ada kesulitan hubungi DSA kembali..

  166. Thera Gantari Lestari August 22, 2009 at 4:30 am #

    Anaknya tgl 10 September nanti genap 8 bulan, lucu sekali…. Dia udah mengenal bundanya dan ayahnya,, kadang2 kita suka godain dia, mo ditinggal dan dagh..dagh..ke dia,,,wah pasti dia langsung nangis. Sekarang duah bisa merangkak, dan mulai cari2 pegangan buat membungkukan badan, kayak pengen berdiri gitu.. O iya, dia juga sekarang sering banget masuk2in jempol ke mulutnya,, kayak digosok2 gitu…apa ini tandayna mo giginya mo numbuh yach..?

  167. tipsbayi August 22, 2009 at 4:26 am #

    Anit :

    Perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda-beda, jadi bayi Anda baru bisa tengkurap jangan khawatir..

    Susui terus ASI, bayi Anda yang baru memulai makanan padat mungkin akan kehilangan minat untuk sementara dan nafsu makan bayi Anda akan membaik setelah giginya tumbuh. Oh ya.. kemungkinan bila air liurnya berlimpah bisa saja akan tumbuh gigi.. :-)

    Dan.. kuncinya adalah kesabaran dan ketelatenan seorang ibu.., cari menu baru untuk variasi rasa makanan bayi Anda..

    Bila memang perkembangan bayi Anda terlihat menurun, rewel, dan menolak ASI maka sebaiknya Anda hubungi DSA Anda..

  168. tipsbayi August 22, 2009 at 4:15 am #

    ratu :

    Apabila memang sudah dicoba dan bayi Anda baik-baik saja tidak memperlihatkan tanda-tanda elergi maka boleh saja,berarti bayi Anda sudah sembuh dari alergi susu sapinya.. :-)

    Kasus alergi susu umumnya akan hilang saat anak berusia satu tahun ke atas atau sudah berusia 15 tahun. Menurut data, sebanyak 56 persen bayi yang se belumnya menderita alergi susu, sudah menjadi toleran ketika berumur satu tahun. Sedangkan pada umur 15 tahun, 95 persen anak sudah tidak menderita alergi susu lagi.

  169. Lili Karmela F August 21, 2009 at 2:30 pm #

    anakku tgl 26 nanti usianya 7 bln. saat ini anakku dah bisa tengkurap bolak balik, tapi belum kelihatan tanda2 mau merangkak, hobinya ngemut jari, bisa sampai 4 jari dimasukin ke mulut, hobi barunya mulai mainin ludah. Pertanyaan saya apakah tidak akan ada efek samping kalo anak saya senang masukin jari ke mulutnya ? trus apakah dengan mainin ludah itu mulai tanda2 akan tumbuh gigi?

  170. Trias August 21, 2009 at 8:21 am #

    Siapapun Anda dibalik Tips Bayi, Saya mengucapkan banyak terima kasih atas segala bantuannya selama ini, dan mengucapkan :

    SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA .. (bagi yg menjalankan)
    Mohon maaf lahir dan batin….
    Semoga Amala ibadah kita semua diterima oleh Allah SWT … Amin

    Demikian pula untuk para Bunda2 dan Ayah2 si kecil… yg selalu setia di TIPS BAYI

  171. tamie August 21, 2009 at 6:30 am #

    terima kasih bwt tips bayi…

    saya termasuk ibu baru yang mulai ingin melihat perkembangan anak saya.
    anak say skrang berusia 4bulan 3 minggu, tapi saya coba dengan makanan pendamping dia koq belum mau menerima yach? apakah belum saat nya dan dia belum menerima??tapi kaka saya pun anaknya berusia yang sama tapi dia lahap sekali makan nya. saya minta saran yang terbaik bwt anak saya.

    saya tunggu blsnya.
    terimakasih

  172. fivin August 19, 2009 at 8:33 am #

    tips bayi mau tanya, bayiku sekarang sudah 5 setengah bulan tanggal 4 nanti 6 bulan tetapi sampai sekarang belum bisa tengkurap sendiri, tapi jika saya bantu tengkurap dia bisa mengakat kepalanya apakah itu normal, dan saat ini matanya sedang berair terus kenapa ya, aku sudah bawa ke DSA nya ktanya keningnya dipijat2 dan sudah dikasih obat mata, tetapi matnya tetap berair, dan sampai kapan ya matanya akan berair terus

  173. fivin August 19, 2009 at 8:32 am #

    tips bayi mau, bayiku sekarang sudah 5 setengah bulan tanggal 4 nanti 6 bulan tetapi sampai sekarang belum bisa tengkurap sendiri, tapi jika saya bantu tengkurap dia bisa mengakat kepalanya apakah itu normal, dan saat ini matanya sedang berair terus kenapa ya, aku sudah bawa ke DSA nya ktanya keningnya dipijat2 dan sudah dikasih obat mata, tetapi matnya tetap berair, dan sampai kapan ya matanya akan berair terus

  174. tipsbayi August 19, 2009 at 4:41 am #

    dewi :

    Untuk pertama kali pertahankan rasa yag tetap sampai Anda bisa melihat reaksi bayi Anda, apakah ada efek elergi atau tidaknya, tunggu 1 minggu setelah itu Anda bisa ganti-ganti rasa.. :-)

  175. anit August 19, 2009 at 3:37 am #

    terimakasih untuk infonya tips bayi….
    tips bayi, anak saya sekarang usianya 6 bln,bisanya baru tengkurap doang tp gak bisa balik sendiri gimana ya caranya,anak saya jg gak mau makan,kl dksh mkn mulutnya ditutup rapat2,kl dpaksa nangis,air liurnya netes terus kl dlm posisi d dudukkan, gmana ya, gmana ya solusi dr masalah saya ini

  176. tipsbayi August 18, 2009 at 4:35 am #

    ilmul :

    Alergi pada bayi memang bukan suatu penyakit. Alergi adalah reaksi hipersensitivas tubuh terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing atau berbahaya. Reaksi alergi biasanya muncul bila bayi memiliki kecenderungan bawaan (genetik), sebaiknya dihindari makanan yang mencetuskan elergi, Anda bisa ganti dengan bahan makanan lain.. :-)

  177. tipsbayi August 18, 2009 at 4:03 am #

    feiby :

    Apakah bayi Anda rewel tidak seperti biasanya atau banyak mengeluarkan air liur? Kalau benar begitu memang benar bayi Anda sedang tumbuh gigi, memang nafsu makannya akan berkurang..

    Solusinya.. teruslah Anda berikan ASI karena ASI masih makanan utamanya, jangan khawatir apabila masih senang ASI, pintar-pintarlah mencari makanan pengganti yang bayi Anda senangi, Anda bisa berikan dengan takaran makan sedikit tetapi agak sering.. :-)

    Sudahkah Anda membaca artikel terkait :

    http://www.tipsbayi.com/index.php/gigi-bayi-anda-muncul-jangan-khawatir

  178. tipsbayi August 18, 2009 at 3:52 am #

    Dian :

    Untuk bekas gigitan pada bayi Anda jangan terlalu khawatir.. bayi Anda masih kecil, insya Allah nantinya tidak akan berbekas..

    Lagi pula apabila Anda pakaikan krim atau salep-salep nantinya ada efek samping juga, kulit bayi kan masih sensitif..

    Dan jelas obat nyamuk semprot atau bakar keduanya sama-sama tidak baik untuk kesehatan bayi Anda.., solusinya untuk menghindari gigitan nyamuk Anda bisa menggunakan kelambu tidur bayi, back to nature.. ;-)

  179. afri August 18, 2009 at 2:52 am #

    ok trims tips bayi, saya tunggu info2 menarik lainnya

  180. Arifian August 18, 2009 at 1:56 am #

    Pengetahuan tambahan bagi saya, sebagai orang tua yang sangat sedikit waktunya buat si kecil. thanks for all your information

  181. ratu August 17, 2009 at 3:44 pm #

    infonya boleh juga…apa alergi terhadap susu dan makanan tertentu bisa hilang jika diberi susu Hypoalergi dan menghindari makanan pemicu alergi??sampai kapan bayi harus berpantang??anak saya pernah di diagnosis alergi terhadap susu sapi karena batuk dan pilek yang terus menerus…sejak usianya 12 bulan gejala alergi hilang jadi susu nya kembali ke susu biasa…apa dibolehkan??thanks before.

  182. dewi August 17, 2009 at 3:37 pm #

    Makasih buanget buat infonya, Alhamdulillah bayi kami mulai menunjukkan ciri2 seperti yang tlah di paparkan, Oya bisa nggak minta info tentang pemberian MPASI, sebaiknya jenis rasanya diganti-ganti atau bagaimana…?

  183. lady August 17, 2009 at 12:11 am #

    Makasyihhh banyak ya tips bayi buat semua tips2nya yang sangat bermanfaat terutama buat new mom ky aku. Sukses terus yah,wish all of u the best :)

  184. ilmul August 15, 2009 at 4:28 pm #

    bayi saya alergi terhadap makanan bersantan, apa harus dihentikan betul atau diajarkan sedikit demi sedikit untuk makan makanan bersantan tersebut

  185. feiby August 15, 2009 at 11:47 am #

    Terimakasih untuk infonya,…

    Tips bayi,.. sekarang anakku sudah berumur 6 bulan, saya sudah mulai beri dia makan,, pertama kali saya coba beri makan dia mau,.. tapi kok skarang dia ga mau makan,.. kalau di sodorin makanan mulutnya di tutup rapat2 trus kalau saya paksa masukin malah di muntahin.
    skarang saya hanya beri dia bubur instan yg banyak di jual di toko2, saya ud ganti berbagai merk pati dia tetap ga mau.
    Mohon di beri saran/tips gimana biar anak saya itu mau makan,.. kalo bisa minta resep makanan untuk bayi 6 bulan.
    Oh ya,.. sekarang giginya sudah mau tumbuh,.. apakah ada pengaruh dari gigi sehingga dia jadi tidak mau makan?
    trimakasih….
    kalau bunda skalian ada tips buat saya mohon email ke feiby.ilat@gmail.com

  186. Dian August 15, 2009 at 5:21 am #

    tanya lagi ,
    anak aku sdah bisa aku taruh di baby walker , apakah tidak pengaruh dengan keluarnya BAB ? soalnya kata orang tua belum waktunya nanti bisa susah BAB nya

  187. Dian August 15, 2009 at 5:17 am #

    maaf kalau pertanyaannya menyimpang

  188. Dian August 15, 2009 at 5:16 am #

    terima kasih ! anak aku sekrg 5 bln dia sudah mulai belajar duduk dan jga sudah bisa pegang jari kakinya . mau tanya utk menghilangkan bercak gigitan nyamuk ?

  189. farisfath August 15, 2009 at 4:36 am #

    thank’s so much,,,,,,,

    • eka July 16, 2014 at 3:54 am #

      Bayiku umur 6 bulan ubun ubun kepalanya masih lembek dan seperti berdenyut sedangkan anak temen ku yang lahir setelah bayiku ubun ubunnya sudah tidak lembek , bagaimana cara mengobatinya?? Apakah mash normal??

      • tips-bayi August 5, 2014 at 6:24 am #

        eka,

        Jangan khawatir Bun.. masih NORMAL.. ubun-ubun baru mulai mengeras di usia 9 bulan dan menutup sempurna pada usia 18 bulan. Tidak perlu obat.. berikan saja terus ASI.. :)

Leave a Reply