Perkembangan Bayi 5 Bulan

bayi 5 bulanBulan Ke-5

Pada tahap ini biasanya bayi akan bereksperimen untuk membuat berbagai suara dengan menggunakan lidah dan bibir mungilnya. Dia sedang mempelajari suara-suara apa saja yang bisa dibuatnya dan ini sebenarnya merupakan awal dari kemampuan berbahasa. Jangan bosan ya kalau si kecil selau mengulang-ngulang suara atau bunyi yang sama…

Untuk sebagian besar bayi, pada masa ini pula mereka pertama kali mengeluarkan suara ketika tertawa! Cobalah memberikan tanggapan setiap kali bayi Anda tertawa atau bersuara dengan mulutnya. Dengan begini dia akan bersemangat untuk terus berusaha berkomunikasi dengan Anda. Bahkan jangan kaget kalau ternyata si kecil bisa mengeluarkan suara atau bunyi yang berbeda untuk memberitahu Anda bahwa dia lapar, lelah, atau sekedar ingin bermain.

Berkaitan dengan perkembangan fisiknya, banyak bayi pada tahap ini yang sangat menyukai untuk ditegakkan dalam posisi duduk. Untuk pertama kalinya, kemungkinan besar dia akan duduk dengan condong ke depan dan bertopang pada tangannya. Punggungnya pun akan terlihat melengkung. Untuk mengatasinya, Anda bisa menyandarkannya ke bantal, atau ke tubuh Anda. Jika Anda membiasakannya dalam posisi duduk, si kecil akan bertambah kuat dan stabil setiap harinya.

Pada tahap ini, Anda juga bisa mengenalkan gelas bermoncong (sippy cup) kepada bayi Anda. Pilihkan gelas yang memiliki 2 pegangan, untuk memudahkannya minum. Pada awalnya, tentu saja akan lebih banyak air minum yang tumpah daripada yang masuk ke mulutnya, tapi tidak mengapa… ini kan sebuah proses. Dia juga mungkin akan senang membanting dan memukul-mukulkan gelasnya ke lantai atau meja, karena menyukai bunyi yang ditimbulkannya.

Apakah Bayi Anda Sudah Siap Diberi MPASI?

Anjuran untuk memberikan MPASI (Makanan Pendamping ASI) adalah setelah bayi Anda melewati usia 6 bulan. Bahkan menurut DSA, sebenarnya gizi bayi akan tercukupi dengan ASI hingga ia berusia 9 bulan.

Namun memang sebagian bayi pada usia 5-6 bulan ada sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

  1. Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
  2. Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
  3. Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
  4. Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
  5. Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

Jika setiap kali Anda mencoba menyuapkan makanan kepada si kecil dan lidahnya terus mendorong makanan tersebut keluar, berarti dia belum siap diberi MPASI. Kalau begitu, jangan dipaksa…

Makanan Pertama

Jika bayi Anda sudah siap diberi MPASI, apa yang sebaiknya Anda berikan pertama kali?

Anda bisa mencoba:

  • Sereal yang dicampur dengan ASI atau susu formula
  • Pure pisang
  • Pure kentang
  • Pure apel
  • Pure wortel

Perhatikan reaksinya setelah pemberian MPASI. Jika tidak ada gangguan pencernaan atau tanda-tanda alergi, maka menunya bisa Anda teruskan…

Sudahkah Anda men-download ebook panduan 12 Bulan Pertama? Semua panduan dasar merawat bayi bisa Anda peroleh di dalamnya!

Artikel yang berhubungan:

  1. Perkembangan Bayi 0-4 Bulan

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

429 Responses to Perkembangan Bayi 5 Bulan

  1. dikaelyanda October 8, 2014 at 5:44 pm #

    Dok saya mau tanya, anak saya umur 5bulan waktu lahir bb nya 2,8 sekarang 5bln 6kg apakah normal?? Tapi skrg Anakku bermasalah dengan nafsu mkn nya, dia masih asi dok tapi dia kurang nafsu menyusu..sehingga badannya terlihat kecil dok,pernah sy cb untuk memberikan sufor memakai dot tapi anakq malah menolak dan muntah dok,sy ttp gk menyerah sy coba utk memakai sendok awalnya sangat sulit sampai2 dia nangis,dampaknya anakq skr malah takut jika melihat sesuatu yg akan sy masukan ke mulutnya seperti memberiikan obat..yg mau sy tanyakan bgmn supaya anakq mau menyusu asi dgn banyak,dan bulan depan anakq mpasi..tapi skr sj sudah menolak bila disodorkan sendok,apakah tdk apa2 anakq hanya minum asi dok? Dan apa yg harus sy lakukan agar anak sy mau mpasi dan meminum sufor dok..yg sy khawatirkan bb nya dok,,tp dia sehat dok aktif..
    Terimakasih dok.

    • tips-bayi November 6, 2014 at 5:15 am #

      dikaelyanda

      BB bayi Bunda memang kurang sedikit dari ideal.., tapi masih termasuk 85% BB normal bayi indonesia Bun..

      Agar kuat minum ASI nya, perbaiki posisi menyusunya, buatlah posisinya lebih nyaman dan mudah untuk disusui. Berikan terus ASI saja jangan diselingi dengan susu lain atau botol, karena nantinya akan membingungkan bayi dan menyebabkan bayi kurang semangat.. ;)

      Kalau masih aktif dan tidak rewel Bunda jangan khawatir..
      Ingatlah pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Bunda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Bunda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat. Besar kecil atau kurus gemuk juga bisa turunan.. ;-)

  2. nia August 24, 2014 at 6:00 am #

    Aku mau tnya baby ku umur 5 bln lebih seminggu anak ku sufor nutry baby soya tp badannya makin lembek trus akhirnya aku ganti sufor + udah dikasih MPASI nasi+kentang+wortel diblender halus, nah mslhnya anakku sekrng bab ngeden kdng nangis jg, bab anakku hijau pula.. Itu kira2 dda masalah apanya yah?? Aku jg tetap memberikan asi, aku ksh sufor karena aku kerja.. Bb anakku 7kg tb 63.. Mohon jawabannya .. Trma kasih

    • tips-bayi September 29, 2014 at 9:20 am #

      nia,

      Ngeden.. Insya Alloh tidak berbahaya, kadang terjadi demikian.. jangan khawatir, bayi yang terlihat ngeden seperti susah dan gelisah, disamping bayi Anda masih belajar ngeden itu wajar karena sistem pencernaan bayi dan pembentukan enzim pencernaan pun belum sempurna..

      Bagus Bunda masih memberikan ASI, pertahankan..! Saran kami kalau Bunda bekerja.. Sebenarnya Bunda masih bisa memberikan ASI saja tanpa sufor meskipun Bunda sibuk bekerja di luar rumah.. Bunda bisa memerah/ memompa ASI Bunda ketika Bunda sedang dirumah atau ketika di kantor, simpan ASI perahan pada botol di lemari es atau freezer, berikan ASI tersebut pada bayi Anda oleh anggota keluarga yang lain ketika Bunda tidak sedang dirumah. Jangan lupa hangatkan terlebih dahulu ASI tersebut, dengan cara merendamnya di wadah yang berisi air panas..

      Untuk BAB hijau masih wajar dan masih normal bukan alergi tetapi tidak boleh terus-menerus muncul seperti itu, berarti sufor atau makanan yang bayi Bunda konsumsi mempunyai kandungan gula & laktosa tinggi tapi rendah lemak.. :)

  3. Hartijah July 21, 2014 at 2:19 pm #

    Dokter sy mau tanya, saya punya anak perempuan yang berusia 8.5 bln dg BB 7 kg.
    Waktu lahir BB 2.4 kg, lahir pd usia kehamilan 35 mnggu. Saat ini dia sudah belajar berdiri sendiri, pd usia 4 bln sudah bisa tngkurap dg sempurna. Anak sy sangat aktif bahkan d usia sekarang yg 8.5 bln dia sudah bisa memahami kpan dia dilarang mlkukan sesuatu. Yg sy tnyakan apakah normal bayi dg usia 8.5 bln sangat aktif?

    • tips-bayi September 25, 2014 at 2:31 am #

      Hartijah,

      Aktif tanda bayi sehat Bun.. tidak perlu khawatir.. imbangi dengan aktifnya Bunda mengajak interaksi dan komunikasi.. :)

  4. Yani Nasution July 20, 2014 at 7:57 am #

    Anak saya umur 5 blan 2 mgu dok.bb 7.5 kg pnjg blum di ukur dok..wktu lahir bb 2.5 tb 47..sy mau nanya dok..bayi saya kn udh umur segitu apa blh di stimulasi duduk..dia lincah udh bisa tengkuran kesana kemari dn udh bisa angkat kepalanya.trus ngk mau di gendong pinginya duduk dipangkuan..apa itu tndanya dia ingin bisa belajar du2k ya dok..kalu tengkurap bokongx sering diangkat..
    Bgm menurut dokter..skr ia sudh mpasi soalnya kalu sy sdng mkn selalu tgan sy di tarik oleh ank sya dok .
    Apa dlm umur termasuk normal perkembanganya dok.

    • tips-bayi August 8, 2014 at 9:40 am #

      Yani Nasution,

      Perlu diingat.. Jika belum bisa duduk tegak, sebaiknya jangan membuat kegiatan yang membuat duduk bayi. Untuk belajar duduk harus bertahap dari mulai disandarkan dengan kemiringan landai hingga nantinya bisa biasa duduk tegak sendiri. Kalau memaksakan belajar berdiri atau duduk tegak ketika organnya belum siap, maka akan berakibat fatal juga Bun..

      Bayi akan mulai belajar duduk pada usia bayi 4 s.d. 7 bulan, setelah dia sudah mampu berguling-guling dan mengangkat kepala. Pada usia 8 bulan sebagian besar bayi sudah akan bisa duduk sendiri tanpa pertolongan orang lain.

      Yang perlu anda lakukan dan perhatikan :
      . Bayi bisa melakukan posisi duduk hanya jika dia mampu mengangkat dan menahan kepalanya. Berikut ini cara sederhana melatih bayi mengangkat kepalanya:
      Tengkurap: Lakukan latihan ini beberapa kali sehari. Semakin sering berlatih, bayi Bunda kian mahir. Letakkan mainan menarik di dekatnya agar ia bertahan dalam posisi ini agak lama.
      Rangsangan: Letakkan sebuah cermin (yang tidak dapat pecah terbuat dari bahan serupa plastik) di hadapannya atau ambillah posisi face-to-face. Biarkan ia bereksplorasi melihat dirinya sendiri pada cermin atau mengenali wajah Bunda sambil berbicara..

      . Ketika bayi sudah cukup kuat untuk duduk sendiri, anda bisa melatihnya supaya bisa duduk dengan seimbang (melatih keseimbangan duduknya), dengan cara meletakkan mainan atau benda-benda lain yang menarik di depan bayi anda (tetapi tidak dalam jangkauan bayi).

      Meskipun perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda, tapi perkembangan bayi Bunda cukup bagus.. ;)

      Sudah dapat MPASI ya..? Insya Allah tidak apa-apa Bun.. Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI?

      Jika pada bayi Anda terdapat tanda-tanda berikut maka sepertinya bayi Anda sudah siap mendapat MPASI

      1. Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      2. Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      3. Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      4. Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      5. Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik.. ;)

  5. reni June 29, 2014 at 2:50 pm #

    Salam,
    Mau tanya ni, putri saya saat ini usia 6 bulan, bb nya cm krg lbh 5,5 kg n tb krg lbh 62cm, wkt lhr bb 3,4kg n tb 50 kg, selama ni full asi tnp tmbhn apapun. Itu normal gak ya?N anakna aktif bgt udh lncar tengkurap balik badan dgn sndrinya cpt n gesit mlh usia 5 bln udh bs posisi nunging2 n bdnnya digerakin maju mundur gt, n mau 6 bln kmrn dia malah udh bs posisi spt duduk gt walau blm smpurna bner n posisi tengkurap tp badan diangkat kepla tegak n salah satu kaki ato tgn diangkat ky bljr keseimbangan gt. Ni mau sya ksh mp asi. Krn lht bundanya makan suka mau merebut , suka meraih bnda n apa yg diraih suka dimasukin kemulut. Mau tnya Buah n sayuran apa yg bgus n sesuai diberikan pd bayi usia 6 bln dengan bntuk dijus, Biar buat masa transisi tekstur dr cair ke semi cair n sampai yg bertekstur kasar. Mohon infonya. Terimakasih

    • tips-bayi July 12, 2014 at 6:33 am #

      reni,

      Meskipun BB termasuk kurang dari ideal tapi masih termasuk 75% BB normal bayi indonesia. Terlihat aktif dan perkembangan kemampuannya bagus.. ;)

      Mengenai makanan apa yang pertama kali boleh dikenalkan pada bayi, sebenarnya bisa apa saja, tergantung pada respon bayi.

      Boleh buah dulu atau sumber karbohidrat dulu. Yang penting diperkenalkan dulu pada bayi. Kalau bayi tidak suka jangan langsung berhenti karena bayi perlu beradaptasi dengan rasa makanan baru..

      Jenis makanan yang diperkenalkan juga sebaiknya disesuaikan dengan berat badan bayi. Kalau berat badannya kurang, sebaiknya pilih makanan yang tinggi kalori..

      Pengaruh budaya juga berpengaruh pada jenis makanan yang diperkenalkan. Untuk keluarga Jepang misalnya, biasanya mereka akan memperkenalkan ikan terlebih dulu pada bayi mereka.
      Namun kalau ada riwayat alergi dalam orangtua, sebaiknya jangan beri makanan yang memicu alergi, misalnya sumber protein seperti kacang-kacangan, ikan, atau telur.

      Untuk buah-buahan sendiri pada dasarnya semua bisa diperkenalkan. Pilihlah buah yang teksturnya lembut dan wanginya tidak menyengat, juga berikan yang segar dan matang sehingga rasanya tidak asam. Sajikan buah dalam bentuk segar supaya kandungan vitamin C-nya tidak berkurang.

      Buah sebaiknya diberikan sebanyak dua sendok makan sekali makan dan dua kali sehari. Setiap jenis buah diberikan 2-3 hari berturut-turut agar anak dapat mengenal rasanya. Setelah itu baru dikenalkan buah lainnya.

      Bagus jika Bunda memberikan MPASI buatan Bunda sendiri jangan instan atau jajanan.. Bunda bisa mencoba memberikan MPASI pertama bubur susu tepung beras dengan tekstur cair.

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Untuk mengawali cukup tepung beras dan susu saja tapi untuk selanjutnya bisa Bunda masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian).. ;)

  6. noviana June 18, 2014 at 4:19 am #

    Dear tips bayi,

    Anak saya berusia 4 bulan, lahir 3,58kg dan panjang 50cm.. sekarang beratnya 6,9kg dan panjang 63cm..kalau untuk tengkurap dan menegakkan kepala dia sudah ok, bahkan dia sudah bisa angkat pantat dia jika ditengkurapkan.
    Anak saya sepertinya sudah ingin berdiri sendiri. Dia suka sekali menghentakan kakinya jika kita berdirikan dengan memegangi ketiaknya/ jika telapak kakinya menyentuh badan kita..Apakah hal itu bisa berdampak negatif untuk kakinya? karena sepertinya dia masih terlalu kecil..
    yang ke dua, bagaimana cara melatih dia agar bisa tidur sendiri tanpa harus di gendong..karena dia sering terbangun dan rewel saat terbangun, jadi akhirnya saya gendong untuk menenangkan dan menidurkannya kembali..dengan bertambah besarnya dia, saya tidak mau seperti itu terus..tapi jika hanya ditepuk tepuk atau pangku tidak akan menenangkannya..
    mohon sarannya ya..

    Terimakasih

    • tips-bayi July 2, 2014 at 7:36 am #

      noviana,

      Ya Bun.. sebaiknya jangan dulu dirangsang untuk belajar berdiri. Kuatkan dulu duduknya, setelah bisa duduk tegak sendiri sudah boleh belajar berdiri karena pinggangnya sudah bisa menopang kuat tubuhnya.. ;)

      Kebiasaan senang digendong.. karena berawal dari kebiasaan jadi terbiasa, maka kita bisa merubahnya dengan dibiasakan juga dengan aktifitas lain, tentunya perlu kesabaran. Rubahlah dalam membiasakan digendong ketika bangun, bentuk kebiasaan pada bayi Bunda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya , disusui atau ditenangkan dengan bisikan, itu akan membentuk pola tidur bayi Bunda yang bagus.. ;)

  7. Eka Fitriyati June 2, 2014 at 6:52 am #

    Kemarin saya imunisasiin anak saya, usia 22 minggu 4 hari. saya nanya2 ke DSA ttg makanan di 6 bulan pertama buat persiapan saya nanti, eh tiba2 DSAnya bilang umur sekarang udah boleh kok dikasih makan seperti bubur susu, pure buah. ga perlu nunggu 6 bulan karena anak saya bayi sufor. Kalau bayi full asi iya nunggu sampe 6 bulan dlu baru dikasih makan. saya jadi bingung kok dokter rekomendasiinnya begitu yah,, bukannya bayi sufor maupun asi sebaiknya diberikan makan pada saat 6 bulan?

    • tips-bayi June 18, 2014 at 7:54 am #

      Eka Fitriyati,

      Memang ada pendapat juga, jika bayi sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya, boleh diberikan MPASI jika
      pada bayi Anda terdapat tanda-tanda berikut

      1. Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      2. Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      3. Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      4. Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      5. Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Akan tetapi kami tetap menyarankan pada Bunda untuk sedikit bersabar menunggu sampai bayi berusia 6 bulan.. ;)

  8. Sinta May 12, 2014 at 8:37 am #

    Dear Tips,
    Bayi saya usia hampir 5 bulan. Saat usia 4 bulan BB 5,3kg TB 61cm. Lahir BB 3,26kg TB 51cm (masa gestasi 42 minggu). Saat ini udah bisa tengkurep dan balik sendiri walaupun belum lihai, namun saat tengkurep belum bisa angkat kepala tinggi2, paling cuma noleh kanan-kiri gitu.
    Apakah perkembangannya termasuk normal? Karena menurut DSA langganan, BB bayi saya termasuk kurang ideal sehingga diberi suplemen vitamin dan zat besi, dua2nya bentuk tetes. Plus disarankan tambah sufor, karena menurut dia ASI saya kurang.
    Saya dan suami bingung harus bagaimana…sampai sekarang belum kami beri sufor.
    Lebih bijaksana mana sih antara memberi sufor untuk menyelamatkan BB bayi atau mengorbankan BB bayi demi sebuah ke-ekslusif-an pemberian ASI?
    Mohon pencerahannya…
    Terima kasih sebelumnya :)

    • tips-bayi May 30, 2014 at 12:23 am #

      Sinta,

      BB bayi Bunda masih termasuk NORMAL 85 % bayi Indonesia.. ASI mengandung zat besi dalam jumlah yang tepat untuk memenuhi kebutuhan bayi. Apabila bayi lahir cukup bulan, maka zat besi yang terdapat didalam ASI bisa memenuhi kebutuhannya sekurangnya untuk 6 bulan pertama.

      Susu formula mengandung terlalu banyak zat besi, dan zat besi yang ditambahkan dalam susu formula tersebut sangat sedikit yang terserap oleh usus bayi, sehinga sebagian besar kemudian dikeluarkan kembali lewat BAB bayi.

      Apa Bunda dan Yanda nya berbadan kecil atau sedang..? Karena pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih, besar kecil bayi bisa saja turunan Bun..

      Produksi ASI bisa bertambah jika terus diberikan ingat prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi, jadi diberikan terus dan terus.. insya Alloh ASI nya akan keluar lebih banyak lagi. Yang tidak kalah pentingnya : Ibunya harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI. Jangan ada fikiran “ah.. ASI saya gak akan cukup..” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun… ;-)

      Maka masih ada kesempatan ASI bertambah, jika memang sudah sulit diusahakan tidak salah juga sih Bunda memberikan sufor..

      • Sinta July 3, 2014 at 2:07 pm #

        Terima kasih tipsbaby…
        Akhirnya saya beri tambahan sufor di usia 5 bln karena ASI saya mengecewakan jika dipompa. Pernah saya pompa setengah jam cuma dapat 20ml, saya hentikan memompa dan coba saya susukan langsung ke bayi, eh masih bisa membuat dia tersedak dengan alirannya yang deres. Belum lagi tekanan dari para mama (kandung dan mertua) yang berkali-kali mengatakan ASI saya kurang…huft…menyebalkan memang…
        Puji Tuhan bayi saya bisa menerima sufor. Tapi ASI tetep lanjut :)
        Sekarang usianya 6 bln, BB jadi 7 kg dgn panjang 66 cm.
        Oiya…keturunan dari keluarga saya emang kecil (tumbuhnya ke atas doank), keluarga suami juga standar2 ajah ^_^

  9. Mama Kyle May 10, 2014 at 10:43 am #

    Bayiku 4.5 bulan waktu lahirannya berat 2.950 n panjang 47 cm n skrg 5,9 n panjang 59 cm. normal Nggak Yaaa ? Sm kalau pagi-sore g demen tidur….apa ok ya ? Kl malam tidur mulai jam 8 Bangun jam 1 n tidur lagi n Bangun jam 4. Dia minumny asi full

    • tips-bayi May 16, 2014 at 5:46 pm #

      Mama Kyle,

      BB bayi Bunda masih termasuk cukup bagus, karena termasuk 90% BB ideal untuk bayi indonesia. Bagus ASI full.. Pertahanka terus Bun.. ;)
      Buatlah suasana tenang ketika siang hari menjelang waktu tidur siangnya.. Usahakan tidur siang Bun..

    • Nunu May 22, 2014 at 7:29 am #

      Dear Tips baby,

      mau tanya dong, babyku umurnya udh 5,5 bulan BB 6.6 kg baru mulai makan MPASI juga tapi baru coba makan biskuit di cairin dengan susu formulanya. awalnya sehari 1x tapi sekarang udh 2x sehari. tapi kenapa ya setelah mulai MPASI minum susu formulanya jadi berkurang dan cenderung susah? baby ku akan menolak minum susu dan kadang tidak diminum hanya di masukkan kemulut tapi tidak di hisap. apakah perlu ganti merk susu? dan satu lagi aku mau tanyakan baby ku ituh aktif sekali, tidak bisa di taro di tempat tidur lama pasti akan bergerak-gerak terus lalu menangis minta di gendong dan mudah bosan jika di gendongnya tidak sambil jalan-jalan. dan inginnya di posisikan berdiri terus. jika ingin tidurpun harus di gendong sambil kita bergerak-gerak terus jika tidak akan rewel dan menangis. mengkhawatirkan ga ya..? aku suka khawatir karena ini baby pertamaku, makasi atas jawabannya. ;)

      • tips-bayi May 30, 2014 at 6:32 am #

        Nunu,

        Hmm.. bukan mengkhawatirkan Bun.. menggemaskan, terdengar bayi Bunda sehat dan aktif. ASI sudah tidak keluar Bun..? Kalau mau diganti, bagus diganti dengan ASI kalau memang ASI masih keluar.

        Sudah bisa dipastikan, kalau bayi sudah mendapat MPASI maka nafsu minum susu nya akan sedikit berkurang. Buatlah jadwal makan dan minum susunya sedikit ada jarak jangan terlalu dekat. Jika tetap sulit, Bunda juga bisa mengakalinya dengan mencampurkan jatah minum susunya (ASI atau sufor) ke dalam MPASI nya.. ;)

  10. nofi May 2, 2014 at 9:36 pm #

    Tips bayi, baby saya Kareem umur 6bln tgl 5mei ini. Bb umr 5bln 7,5kg. Sebelumnya sy asi eksklusif, asi sy bayak Kareem aktif & nysunya kuat/sering. Krna asi sy mulai berkurang Kareem jd rewel. Kmudian sya coba berikan MPASI dr 6hr yg lalu. bubur susu 3hr, bbur pisang susu 2hr, bbur syur ssu 1hr. Disela” maka bbur sy kasih air putih, ttpi stiap sy berikan air putih Kareem lebih memilih air putih dan tidak mau mmkan bburnya lagi.
    Jadi smjak itu, sya berikan bbur dlu smpai habis, kmudian baru sy suap air putih sdkit dan mmnum asi lg. Tpi Kareem malah rewel, sy brikan air putih lagi malah tenang dan minta lagi dan lagi, alhasil sy brkan mnggunakan gelas.
    Semenjak mengenal air putih Kareem lebih rewel. Jika diberikan air putih Kareem akn tenang, mmalah memilih mmkai gelas, dr pd btol dot. Sebaliknya sekarang susah untk mmbrikan asi, krn ank sy Kareem sllu menangis dan menolak diberikan asi. sya ttap usha mbrkan asi sampai Kareem mau disusui. Stiap sy makan ssuatu apalagi roti, Kareem sllu ttrik untk mngmbil dan mmknnya. Jd sy ksh bbur, tp mlah tdk mau, dan lagi-lagi hnya mnum air putih. Kdang bburny sy brkan air putih lagi (tdk sy aduk), Kareem mau mmknnya.
    Yg mau sy tanyakan,
    1. Amankah air putih untk bayi 6bln?
    2. Seperti yg sya ceritakan, apakah perlu menunda dlu mmerikan mPASi?
    3. Apakah bayi sya belum siap mPASI?
    4. bgaimana cara mengatasi bayi rewel saat tdk mau mmnum asi?
    Tolong penjelasan nya bun

    • tips-bayi May 14, 2014 at 2:19 pm #

      nofi,

      1. Pemberian air putih pada bayi akan berdampak kurang baik bagi kondisi kesehatannya. Salah satu pengaruh buruk yang ringan terhadap pemberian air putih pada bayi adalah mengurangi asupan ASI atau susu formula sehingga berdampak pada kenaikan berat badan bayi Anda.

      Meskipu diberi air putih boleh saja.. Akan tetapi jangan terlalu banyak, karena jika terlalu banyak air justeru dapat menganggu keseimbangan cairan dalam tubuh bayi. Susu (terutamaASI) merupakan cairan yang terbaik untuk tetap menjaga bayi yang belum banyak memakan makanan padat dari ancaman dehidrasi, bahkan untuk bayi dibawah 6 bulan jangan dberi minum air putih. Meskipun bayi Bunda sudah 11 bulan ada baiknya bayi Bunda jangan diberi terlalu banyak air putih, cukup diberikan untuk mendorong makanan saja, perbanyaklah ASI… ;-)

      2. Pemberian MPASI jangan dihentikan, teruskanlah.. Pintarlah meberikan menu berfariasi dan terjadwal dengan baik..

      3. Bayi Bunda sudah siap menerima MPASI..

      4. Sudah bisa dpastikan jika bayi sudah medapat MPASI maka nafsu minum susu aka sedikit berkurang. Untuk mensiasatinya, campurkanlah jatah minum susunya ke dalam MPASI

  11. astree February 10, 2014 at 2:08 pm #

    air putih bagusnya di kasih k bayi umur brp bun?

    • tips-bayi February 15, 2014 at 5:14 am #

      astree

      Untuk kebutuhan air putih.. Selama anak Bunda masih mendapatkan ASI atau sufor, Bunda bisa berikan seperlunya. Meskipun usia 1 tahun sudah bisa di berikan lebih banyak akan tetapi tidak seperti kebutuhan orang dewasa yang setiap saat air putih.

  12. bundakhtar February 9, 2014 at 6:43 am #

    Halo salam kenal,mau tanya tanda kecukupan asi itu kan bak lebih dari 6x sehari pertambahan bb 150 g seminggu untuk dibawah 6 bulan, anak saya 3,5 bulan pertambahan bb ny hanya 400 g dalam sebulan walau di growthchart masih garis hijau, anak saya amtif dan perkembangan baik
    bak lebih dari 6x, disarankan untuk menggunaksn sufor(selama ini asi ex). Apakah memang sudah indikasiny memakai formula?atau asi saja teruskan?terimakasih atas jawabanny

    • tips-bayi February 18, 2014 at 7:37 am #

      bundakhtar,

      Pola BAB bayi juga belum tetap. Bisa sering atau jarang.. Seiring dengan bertambah usianya maka pola BAB bayi Bunda akan terbentuk hingga jadwalnya akan terlihat.. Untuk frekuensi BAB, prinsip sederhananya “pengeluaran bagaimana pemasukan.

      Masih di garis hijau growthchart dan Akhtar terlihat aktif.. Bunda jangan khawatir..

      ASI saja teruskan dan pertahankan, meskipun susu formula terlihat bisa mengganti ASI, akan tetapi tetap Susu terbaik untuk bayi Adalah ASI.. Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

      Dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

      Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

      ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditandingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

      Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

      Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya. ;)

      Atau Bunda bekerja..? Saran kami kalau Bunda bekerja.. Sebenarnya Bunda masih bisa memberikan ASI saja tanpa sufor meskipun Bunda sibuk bekerja di luar rumah.. Bunda bisa memerah/ memompa ASI Bunda ketika Bunda sedang dirumah, simpan ASI perahan pada botol di lemari es atau freezer, berikan ASI tersebut pada bayi Anda oleh anggota keluarga yang lain ketika Bunda tidak sedang dirumah. Jangan lupa hangatkan terlebih dahulu ASI tersebut, dengan cara merendamnya di wadah yang berisi air panas..

  13. eli January 25, 2014 at 5:29 am #

    assalamualaikum,,,mf sis sy mw tnya. Anak saya skrang usia y 5bulan tp bb y cuman 5kg
    pas lahiran bb y melebihi n0rmal 3.1kg.
    Tiap bulan y cuman naik paling 200-300gram.
    Apkah tumbuh kmbang y n0rmal?
    M0hon penjelasan y

    • tips-bayi February 5, 2014 at 5:55 am #

      eli,

      Wa’alaikum salam,

      BB lahir bagus dan BB sekarang memang kurang dari ideal, termasuk 75% BB normal bayi indonesia. Tapi Bunda jangan khawatir, masih ada peningkatan walaupun sedikit dan jika dokter menyatakan bayi Bunda sehat. Ingatlah Bun.. pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Bunda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Bunda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat. Besar kecil atau kurus gemuk juga bisa turunan..

      Pertahankan terus pemberian ASI. Sampai 6 bulan ASI saja, dan lanjutkan pemberiannya sampai bayi Bunda berusia 2 atau 2,5 tahun.. disamping Bunda berikan MPASI.. :)

  14. ica October 18, 2013 at 11:07 am #

    Tips bayi… Mau tax untuk pure pisangnya biasanya yg di gunakan pisang ap?
    Terima kasih :)

    • tips-bayi October 21, 2013 at 7:01 am #

      ica,

      Untuk memberikan pisang ada beberapa yang perlu diperhatikan:

      1. Pilihlah pisang yang masih segar

      2. Pilihlah pisang yang rasanya manis

      3. Pilihlah pisang yang memiliki tekstur lembut

      4. Pilihlah pisang raja atau pisang ambon
      Pisang yang sering dijadikan makanan pertama bagi bayi khususnya di Indonesia diantaranya adalah pisang raja dan pisang ambon. Pisang-pisang ini sangat manis serta memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga cocok untuk buah hati Anda yang baru belajar makan makanan padat.

  15. Yoshika arie wahyudi September 23, 2013 at 4:03 pm #

    salam kenal :) saya mau tanya tentang MPASI, kalo nasi putih + ASI di blender trus di saring apa gizix tetep sama sama sperti bubur susu :) trims sblumnya :D

    • tips-bayi September 28, 2013 at 3:18 am #

      Yoshika arie wahyudi,

      Kandungannya Insya Alloh sama.. ;) Tapi.. apa Lembek atau teksturnya sama ya..?

  16. nurjannah September 18, 2013 at 5:41 am #

    hallo tips.. aku lg galau ni, bayi aku hari ini genap 5bln. tp dia masih blm bisa tengkurep sendiri. seperti gak ada semangat gitu untuk tengkurap. kalau di bantu baru mau.. tp posisi kepala udah tegak.. kira2 gmn ya tips..
    oya apa ada pengaruhnya kalau bayi tidak mengalami fase2 seperti tengkurep, merangkak bisa ngaruh ke IQ nya??

    • tips-bayi September 24, 2013 at 11:22 pm #

      nurjannah,

      Tidak perlu galau Bun.. Perkembangan kemampuan bayi, misalnya tengkurep, duduk atau berjalan sifatnya individual berbeda bayi satu dengan yang lainnya, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.. Ada yang cepat di awal-awal atau juga ada yang cepat di kemudian harinya..

      Sementara bantu saja dulu bayi Bunda tengkurap, jika sudah lancar bayi Bunda pasti semangat.. Bahkan nantinya posisi tengkurap akan jadi posisi favorit bayi Bunda.. ;)

  17. winda yulianti July 15, 2013 at 11:04 pm #

    mau tanya bunda..anak saya usia 5 bln dg berat 7.8 kg..untuk perkembangan motoriknya dy sudah bisa tengkurap tp hanya ke sisi kanan saja ke sisi kiri masih perlu bantuan..dan blum bisabalik lg dari tengkurap ke terlentang..apakah normal?usia berapa harusnya bayi sudah mahir bolak balik dan bergulingr?apakah ini ada faktor dr tubuh anak saya yg lumayan gemuk?

    • tips-bayi July 17, 2013 at 7:33 am #

      winda yulianti,

      NORMAL Bun.. Benar sekali BB sangat mempengaruhi terhadap perkembangan kemampuan bayi.. Jangan khawatir.. ;-)

  18. agrippina July 10, 2013 at 1:11 am #

    Dear Tipsbayi,

    saya ingin bertanya, anak saya berumur 5 bulan 3 hari, sejak umur 4 bulan sudah di berikan (MPASI), saya karyawati, anak saya, saya titip kan dengan mertua saya, pas saya pulang kerja ternyata anak saya di berikan gigitan kurma kecil, apakah itu aman, dan akan baik2 saja anak saya… karena saya kwatir. takut lambungnya belum kuat menerima sedikit gigitan kurma. Terima kasih.

    • tips-bayi July 11, 2013 at 6:35 am #

      agrippina

      InsyaAlloh tidak apa apa… aman Bun…:-)

  19. febrina July 1, 2013 at 1:56 am #

    dear tips bayi..
    baby ku usianya 5bulan15hari.. BABnya sehari bisa 1/2 kali itu normal g y? trus sekarang baby sudah aku kenalin MPASI pepaya di haluskan,abisnya klo liat orang makan mulutnya ngecap2 trus jga klo di kasih airr putih pke sendok dia mau.. akhirnya sya cba ksih pepaya dan dia mau.. ndak apa2 kan y?hehehe

    • tips-bayi July 6, 2013 at 1:10 am #

      febrina,

      BAB segitu NORMAL Bun..

      Baby nya sudah mulai dikenalin MPASI boleh.. bagus Bun.. Bunda bisa mulai dengan memperkenalkan bubur susu. Bunda bisa membuat bubur susu sendiri dari tepung beras putih/ merah..

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Bunda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Bunda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan..
      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

      Oh ya.. jangan dulu dibiasakan memberikan air putih Bun.. ASI saja..

    • fladya July 7, 2013 at 7:42 am #

      Maaf saya mau tanya bu/pak dokter

      Begini anak anak ke dua kami sekarang usia 4 bulan 15 hari dan sudah saya beri makanan tambahan sejak 10 hari yg lalu. Pertimbangan saya karena ASI saya tidak lancar sejak awal, sedangkan tumbuh kembangnya yaitu pada usia 2 bulan sikecil sudah bisa melihat dan dapat mengenali arah suara panggilan dari kanan atau kiri, lalu pada usia 3 bulan sudah mulai belajar tengkurap, dan mulai meraih benda yg disodorkan didepannya dan sudah mulai gak mau dicuekin (teriak teriak seperti menangis namun tdk menangis) lebih suka dipangku dan jika mainanya diambil atu jatuh langsung marah, oleh karenaya saat usia 4 bulan saya sudah mulai kasih Pisang dengan cara diangsir pelan pelan dgn sendok, dan
      Alhamdulilah tidak ada masalah sikecil lebih ceria dan sudah mulai bisa bisa berusaha mengangkat pantat untuk meraih benda yg ada didepannya saat dia tengkurap.
      Apakah ada masalah jika saya teruskan memberi pisang yg hanya pagi dan sore ?
      Apakah normal tingkat emosinya itu mengingat sikecil selalu marah jika dibiarkan tanpa diberi mainan atau diajak bicara saat tidah digendong atau di pangku?
      Dulu putri pertama kami juga polanya sama, hanya tingkat emosinya yg beda.bahkan dia sudah mulai berdiri saat usia 7,5 bulan dan saat usia itu setiap pagi saya beri kuning telor setengah matang.
      Mohon pencerahannya terimakasih.

      • tips-bayi July 11, 2013 at 1:40 am #

        fladya

        Usia 4 bulan sudah dapat MPASI ya..? Kalau tidak ada keluhan teruskan saja Bun.. Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI?

        Jika pada bayi Anda terdapat tanda-tanda berikut maka sepertinya bayi Anda sudah siap mendapat MPASI

        1. Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
        2. Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
        3. Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
        4. Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
        5. Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

        Jika pemberian MAPSI terlalu dini, memang salah satu resikonya adalah susah BAB atau BAB keras..

        Oh ya.. Sebaiknya Bunda berikan bubur susu dulu.. Bunda bisa membuat bubur susu sendiri dari tepung beras putih/ merah..

        Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

        Untuk cara memasaknya:

        a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
        b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
        c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

        Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Bunda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

        Ada baiknya Bunda juga kunjungi link berikut:

        http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

        Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan..
        Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

        1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
        2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
        3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
        4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
        5. Mudah
        6. Hemat

        Untuk perkembangan emosinya, banyaklah mengajak berbicara dan berkomunikasi.. ;-)

  20. inna April 8, 2013 at 8:06 am #

    hello..lam kenal..babyku 5 bulan 3 minggu..ASIX alhamdulillah… BABnya sering 10 hari sekali..normalkah???

    saya takut bentar lagi udah MPASI takut klo BABnya juga seperti itu..pdahal normalnya klo MPASI sehari sekali ato 3 hari sekali ya kan tips??..makasiiii

    • tipsbayi April 8, 2013 at 11:54 pm #

      Untuk seusianya, frekuensi BAB sebanyak itu banyak sekali ya bun? Coba konsultasikan dengan DSA bun…

    • dewi July 15, 2013 at 8:59 am #

      bayi asi eksklusif memang suka jarang ee.. anak tmnku sm ky bunda BAB nya suka 10 HARI sekali (@tipsbayi: bukan 10x sehari). Klo kt org dulu ASI itu jd daging. Anakku wkt ASI ekslusif jg pernah ee 5 hari sekali. tp bun, klo udah MPASI sih normalnya baby ee setiap hari.

  21. Mommy max March 5, 2013 at 6:40 pm #

    Dear tips baby… Mohon petunjuk… Kan saya sudah baca2 komentar ttd tips baby untuk cara membuat tepung beras merah dan putih.. Ya saya ingin tanyakan… Tepung nya car membuatnya BMG..klo direndam air 6jam bukannya DJ basah ya? Trs klo tepung ya sudah jadi misal tepung beras buatan sendiri sudah jadi dibuat… Apakah boleh disimpan? Kali boleh untuk waktu brp lama… Krn klo setiap hari merendam 6 jam untuk beras merah kan waktunya lama

    • tips-bayi March 11, 2013 at 6:43 am #

      Mommy max,

      Setelah direndam lalu ditiriskan dan disangrai (digoreng tanp minyak dengan api kecil) sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..
      Untuk tepung beras buatan sendiri asal penyimpanannya ditempat kedap udara yang rapat bisa tahan berminggu-minggu, tetapi sebaiknya Anda buat jangan terlalu banyak. Anda bisa sediakan tepung untuk persediaan satu atau dua minggu, karena tepung buatan sendiri tidak memakai bahan pengawet perlu lebih fresh biar rasanya terjaga. ;-)

  22. wina February 22, 2013 at 5:56 am #

    sis….. mo nanya.
    anak saya umur 5 bulan 5 hari.. anak saya sukanya diberdiriin n di dudukin. kalo di tidurin selalu nagisn kalo diberdiriin ga jadi nagis,, bahaya tidak dengan usia segitu udah diberdiriin n di dudukin..

    • tips-bayi February 25, 2013 at 7:15 am #

      wina

      Sebaiknya Bunda jangan dulu membiasakan mendudukan tanpa sandaran atau memberdirikan jika belum waktunya, kasihan terlalu membebani tulang belakangnya..

      • wina March 5, 2013 at 8:51 am #

        emg blm boleh ya…. tp anakQ dah bisa muter2 n guling2 klo tengkurep n dah bisa onggong2 ( kaya mo merangkak ) trs mundur gitu…….

        • tips-bayi March 11, 2013 at 5:50 am #

          wina,

          Wah sudah lincah ya..
          Hmm.. boleh saja untuk sementara dengan topangan Anda ketika berdiri dan duduknya.. ;-)

  23. ana ainurrohmah January 28, 2013 at 11:21 am #

    soree,sy mau tanya,anak sy berumur 4blan 2minggu,klo minum Asi dan sufor nya ssh bange,anak nya meski ngambek duluu dan klo mau tidur dan lapar banget baru mau minum Asi dan sufor.itupun meski di paksa tiap hari,apa solusinya dan sudah saat nyabelum memberi makan pendamping Asi/sufor.terimakasih.

    • tips-bayi January 31, 2013 at 6:57 am #

      @ ana ainurrohmah,

      Jika Menolak ASI, kemungkinan disebabkan oleh :

      1] Kurang sehat.
      Kondisi tubuh bayi yang kurang sehat bisa membuat bayi kesulitan mengisap dengan baik, sehingga ASI yang didapat sedikit. Akhirnya
      bayi jadi capek atau frustrasi, dan menolak menyusu.

      2] Kesakitan.
      Bayi yang mengalami memar akibat lahir dengan alat bantu (misalnya: vakum) mungkin menolak menyusu jika bagian yang memar ini terpencet tiap kali ia menyusu.

      3] Tersumbat hidungnya.
      Bayi yang hidungnya tersumbat (karena pilek) mungkin menolak menyusu karena kesulitan bernafas.

      4] Sariawan.
      Bayi yang sedang sariawan, atau mulutnya terinfeksi jamur Candida mungkin hanya mau mengisap beberapa kali saat menyusu, lalu berhenti dan menangis.

      5] Sedang tumbuh gigi.
      Bayi yang sedang tumbuh gigi mungkin merasa gusinya nyeri, atau air liurnya berlebihan, atau agak demam, sehingga menolak menyusu karena merasa tidak nyaman.

      6] Mengantuk.
      Bayi yang terpengaruh efek sedatif (bius) obat-obatan mungkin menolak menyusui karena mengantuk.

      7] Bingung puting.
      Bayi yang diberi susu botol atau empeng terlalu dini (sebelum 2 minggu) mungkin menolak menyusu karena kesulitan menguasai teknik
      mengisap payudara – yang sangat berbeda dengan mengisap dot.

      8] Tidak mampu `mengambil’ cukup ASI untuk memenuhi kebutuhannya.
      Bayi yang belum menguasai teknik menyusu mungkin hanya mampu mengisap ASI sedikit sehingga harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk mengisap lebih lama atau lebih dalam. Akibatnya ia jadi capek atau frustasi, lalu menolak menyusu.

      9] Ingin `melawan’ perlakuan yang tidak menyenangkan.
      Jika ibu atau pengasuh kurang menguasai teknik mengatur posisi bayi saat akan menyusu, bayi bisa saja merasa diperlakukan kasar atau
      disakiti. Sebagai upaya `perlawanan’, ia pun menolak menyusu.

      10] Terganggu isapannya.
      Jika ibu sering memegangi atau mengguncang payudara saat menyusui, posisi mulut bayi terhadap payudara bisa terganggu. Akibatnya bayi
      merasa tidak nyaman dan menolak menyusu.

      11] Dibatasi jadwal menyusunya.
      Jika ibu menyusui hanya pada jam-jam tertentu dan bukan menurut keinginan bayi, bayi bisa frustrasi karena kelaparan dan malah
      menolak menyusu.

      12] Terganggu semburan ASI.
      Aliran ASI yang terlalu cepat dan deras saat bayi mulai mengisap bisa membuat bayi tersedak. Jika terjadi berulang kali selama
      menyusu, bayi mungkin jadi frustrasi dan menolak menyusu.

      13] Merasa terganggu oleh suatu perubahan.
      Bayi usia 3-12 bulan mudah terganggu oleh berbagai perubahan: berpisah dengan ibunya, ada pengasuh baru, pindah rumah, kedatangan
      tamu, ibunya sakit (atau sedang menstruasi), payudara ibu terinfeksi, bau tubuh ibu berubah, dsb. Ketika suatu perubahan dirasa mengganggu, bayi bisa jadi tidak menangis melainkan langsung `mogok’ menyusu.

      Cobalah dicek alasan alasan diatas, mana yang paling sesuai dengan kondisi Anda dan bayi Anda.

      Tetapi yang jelas, teruslah berusaha, dan berikan ketenangan pada diri Anda, karena ibu yang gelisah juga akan mempengaruhi bayinya,
      mungkin baik juga mengajaknya si anak bermain-main dulu.

      Bila memang bayi Anda sudah memperlihatkan tanda-tanda siap menerima MPASI boleh-boleh saja Anda berikan pada usia 4 bulan, meskipun banyak para ahli menyarankan pemberian MPASI sebaiknya setelah umur bayi 6 bulan..

  24. icha rahmad January 14, 2013 at 3:44 am #

    umer berapa bayi mulai diberi makan biskuit (regal)
    makasih…???

    • tips-bayi January 14, 2013 at 4:17 am #

      icha rahmad,

      Jika dilumatkan dengan ASI atau sufor usia 7 bulan sudah boleh Bun.. ;-)

      Ingat juga.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan..
      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

  25. zakumi November 28, 2012 at 6:50 am #

    hallo tips baby…

    Mau tanya dong. Bayi saya berumur 5 bulan, 1 bulan minum ASI tapi sekarang ASI saya sudah berkurang, jadi saat umur 2 bulan minum susu formula sampai sekarang. Sebaiknya bayi saya diberi MPASI saat umur 6 bulan pas, atau 6 bulan lebih ???? mohon jawabannya ya, soalnya saya masih bingung, maklumlah ini bayi pertama.

    Terima kasih

    • tips-bayi November 29, 2012 at 5:52 am #

      zakumi,

      Hallo Bunda,
      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Untuk makanan pertamanya sebaiknya bubur susu atau pure buatan Bunda sendiri.. Usahakan rasanya tidak terlalu jauh dari rasa makanan pokok sebelumnya ASI..

      Bubur susu.. Bunda bisa membuat bubur susu sendiri dari tepung beras putih/ merah..

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Bunda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Bunda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan..
      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

  26. Bunda Azka November 23, 2012 at 8:47 am #

    Dear Tips,

    Tanggal 27 besok azka genap berusia 6bulan Insyaallah. Saya baru akan memulai memberikan MPASI untuknya. Ada beberapa pertanyaan yang masih mengganggu pikiran saya.

    1. Pada usia hampir 6 bln ini, azka baru bisa miring2, sesekali dia mendesak untuk bs tengkurap, tapi sll terhalang oleh lengannya sendiri, terkadang saya membantunya dengan mendorong sedikit pantatnya, lalu lengan yg mengganjalnya saya bantu posisikan pada tempatnya. Apakah ini tergolong NORMAL// mengingat dokter saya bilang, kalo 6bln blm bisa tengkurap sendiri, harus di cek apakah ada sesuatu atau tidak. Menurut tips, kira2 kapan yah saya mulai mewaspadai hal tsb??

    2. Saat posisi azka tengkurap, biasanya dia blm bs tahan lama, krna blm mampu menopang tubuhnya sendiri dengan kedua lengannya. Biasanya 5 menit, dia sudah mulai gelisah. Walaupun spt itu, sesekali setelah istirahat saya tengkurapkan lg antara 1-3x. Apakah langkah saya salah???

    3. Ketika azka saya pangku, dia selalu mengangkat pundak dan kepalanya yg seolah2 dia tidak ingin di sandarkan di dada saya, namun seperti dia ingin duduk. Namun tetap saya pegangi dia dan berusaha saya sandarkan meski sering kali dia berontak. Apakah jika dia seperti itu NORMAL??? Berpengaruh tidak nantinya pada tulang ekornya??? Saya takut kenapa2 karna kan blm saatnya dia belajar duduk. Mohon penjelasannya yaa…

    4. Bedanya menu MPASI : Tim dengan Puree apa sih?? Apakah buah yg akan kita buat bubu harus sll di rebus ato di kukus??? Jika buah itu benar2 masak di pohon apakah tidak boleh lgsung d blender saja ya???

    5. Saat pertama kali mengenalkan MPASI, apakah harus di campur dengan sufor? berapa takarannya?? (krn produksi asi saya sedikit sejak 3bln).

    6. Dahulu pasca persalinan caesar, ASI saya baru keluar pada hari ke6. Saat masuk hari ke-4, saya teteap mempertahan kan asi saya, namun apa boleh d kata. Bayi saya panas sampai >38 dan kuning. Saat itu asi blm benar2 kluar, meski payudara terasa kencaang sekali. Saat d ruangan neonatus, saya hanya bisa mngantarkan asi paling banyak 10ml, itupun memerasnya bisa 1 jam. baru keluar agak banyak pd hari ke-6, namun tetap tidak bs derasss seperti ibu2 lainnya.

    Saya termasuk penggemar sayuran (tanpa pantangan). Saat saya memberikan asi, tak kurang mkanan apa saja yg berpengaruh pada asi saya makan semua, termasuk vitamin, sari kurma, lancar asi, hermal, dll. NAmun sepertinya tak berpengaruh besar pd asi saya, tetap tak jua lancaarrrr……

    HIngga saya putus asa, akhirnya pada usia masuk 4 bulan, saya tidak memberikan asi karna saya erasa produksinya makin susah keluar. Skg azka sudah 6bulan. Saya terpancing untuk berusaha mngeluarkan asi lg, apakah masih bisaa???????

    Jika saya tekan puting saya, masih kluar setetes2 sih, dan lg saya terdorong krn teman saya, saat usia 3bln, asinya sdh kering krn stress…. akhirnya dia konsultasi k dokter dan doktermnyarankan hanya memakan makanan yg sehat saja dan hrs relaks. Ternyata melalui proses panjang, asinya bs kluar lg, dari kering sampe kluar.

    Nah, saya kan blm kering sm sekali, namun klo di tekan msih kluar meski setetes, apakah masih bs produksi banyak lg???? saya juga sdh urut, tp kata tukang urutnya, di sekitar payudara sdh tidak ada lg yg “merengkel” (katanya tanda kalo asi msih produksi) itu bagaimana yaaah??

    Maaf kalo terlalu banyak pertanyaannya ya tips, say harapkan banget jawabannya :)
    salam

    • tips-bayi November 26, 2012 at 5:57 am #

      @ Bunda Azka,

      1. Jika sama sekali bayi tidak ada upaya untuk tengkurap atau pasif. Tapi Azka aktif kan..

      2. Langkah Bunda sudah benar.. tinggal lebih sabar lagi untuk membiasakannya.. ;-)

      3. Normal, posisikan saja pinggangnya bersandar pada badan Anda sebelum Azka benar-benar bisa duduk tegak

      4. Kalau buah yang dikukus dulu itu namanya pure buah. Kalau buah langsung di blender itu jus buah. Tim dengan Pure prosesnya sama-sama dikukus. Cara membuat pure wortel/ kentang/ apel/ pisang, dll:

      1. Rebus atau kukus kentang atau wortel hingga empuk (apel dan pisang sebaiknya dikukus)
      2. Setelah empuk, angkat dan hancurkan menggunakan sendok atau garpu
      3. Campurkan ASI atau susu formula

      Membuat tim.. Anda bisa lihat pada daftar artikel utama, disana akan Anda dapatkan judul-judul artikel tentang Tim untuk bayi 6 bulan. Atau Anda bisa klik kategori makanan bayi yang ada di sebelah kanan tampilan menu utama, Anda akan menemukan bermacam-macam resep tim dan cara membuatnya.. Selamat mencoba..

      5. Dicampur sufor agar rasanya tidak jauh dari rasa makanan pokok sebelumnya yaitu rasa ASI. Takaran bisa disesuaikan, ASI kurang..? Teruskan saja Bunda perahnya agar produksi ASI tetap ada. prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Yang tidak kalah pentingnya : Anda harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI.

      Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun… ;-)

  27. Ara September 24, 2012 at 10:33 am #

    hallo salam kenal. anak saya usianya 5 bulan 4 hari saya mau tanya saat ini anak saya klo dipanggil dia tidak melihat ke yang manggilnya, me;ainkan malah meliat kemana2 tidak langsung meliat ketempat suara yang ada. apakah anak saya normal?

    Terima kasih.

    • tips-bayi October 2, 2012 at 2:59 am #

      Ara,

      Salam kenal kembali..
      Insya Allah.. berilah rangsangan dengan sabar, ajaklah berbicara walaupun sepertinya belum mengerti.
      Bayi dari usia 3 minggu mulai bisa mengenali suara ibunya. Kebanyakan bayi akan senang bila disentuh, dicium, digendong, atau dipijat.
      Insya Allah NORMAL..

  28. Ria Rosmawati September 11, 2012 at 7:53 am #

    anak saya usia 5 bulan , pada bulan sebelumnya ia sering sekali ngoceh sambil jerit jerit. Tapi semenjak batuk dia lebih banyak diam dan tidak banyak mengoceh lagi. Baru bisa tengkurep tapi lehernya belum tegap apakah anak saya normal ? Thanks

    • tips-bayi September 19, 2012 at 7:42 am #

      @ Ria Rosmawati,

      Hmm.. Bayi Anda NORMAL kok.. ;-)

      Anda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.

      Untuk melatih tengkurap, Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu

  29. Bunda Darrel September 7, 2012 at 5:21 am #

    Salam kenal….
    Bayi saya skarang brumur 5 bulan 7hari.. dia udh bisa tengkurap tp belum bs berbalik lagi,apa tu masih trgolong normal…???

    • tips-bayi September 19, 2012 at 12:04 am #

      @ Bunda Darrel,

      Anda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. Bayi Anda masih tergolong NORMAL.. ;-)

      Silahkan Anda baca artikel pada link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/waktunya-tengkurap.html

  30. maruli tobing July 12, 2012 at 7:47 am #

    saya memiliki anak usia 5 bulan, yang saya ingin tanyakan anak saya ini dalm seminggu ini sering buat air besar bisa sampai 10x sehari dan dalam ( maaf ) cairan itu berwarna hijau dan seperti air, normalkah itu, apa penyebabnya dan gimana solusinya
    terima kasih

    • tips-bayi July 19, 2012 at 5:43 am #

      @ maruli tobing,

      BAB hijau masih normal tetapi tidak boleh terus-menerus muncul seperti itu, berarti makanan atau sufor yang bayi Anda konsumsi mempunyai kandungan gula & laktosa tinggi tapi rendah lemak.. Atau bila bayi disusui ASI berarti cara ibu memberikan ASI kurang tepat/belum benar (yang terhisap oleh bayi hanya foremik saja, dimana sibayi selalu mengisap ASI depan terlebih dahulu yang mempunyai kandungan gula & laktosa tapi rendah lemak yang membuat bayi cepat lapar kembali & ASI belakang yang mengandung banyak lemak akan terhisap setelah foremik habis, padahal hidmik (ASI belakang) inilah yang membuat feses bayi menjadi kuning.. ;-)

      Di dalam payudaranya, ibu memiliki ASI depan (foremilik) dan ASI belakang (hindmilk). Pada saat bayi menyusu, ia akan selalu mengisap ASI depan lebih dulu. Bagian ini mempunyai lebih banyak kandungan gula dan laktosa tapi rendah lemak. Sifatnya yang mudah dan cepat diserap membuat bayi sering lapar kembali. Sedangkan, ASI belakang (hindmilk) akan terisap kalau foremilk yang keluar lebih dulu sudah habis. Hindmilk mengandung banyak lemak. Lemak ini yang membuat tinja menjadi kuning.

      Nah, kalau bayi hanya mendapat foremilk yang mengandung sedikit lemak dan banyak gula, kadang-kadang terjadi perubahan pada proses pencernaan yang akhirnya membuat feses bayi berwarna hijau. Bahkan sering juga dari situ terbentuk gas yang terlalu banyak (kentut melulu), sehingga bayi merasa tak nyaman (kolik).

      Mestinya yang bagus itu tidak hijau terus, tapi hijau kuning, hijau dan kuning, bergantian. Ini berarti bayi mendapat ASI yang komplet, dari foremilk sampai hindmilk supaya kandungan gizinya komplet. Nah, ibu harus mengusahakan agar bayinya mendapat foremilk dan hindmilk sekaligus.

      Jadi.. Coba susui bayi Anda dengan salah satu payudara sampai ASI di situ habis, lalu pindah ke payudara berikutnya.. ;-)

  31. dian June 3, 2012 at 4:33 am #

    makasih yach,,,,aku tidak perlu was-was lagi dalam melihat perkembangan anakku.

  32. mama gita June 2, 2012 at 4:00 pm #

    lam kenal.sekarang anak saya usianya 5 bln lbh 2 minggu sktr 5 bln lbh 3 hari anak saya udh di kasih MPASI,yang jadi masalah BAB nya sehari bisa jadi 4 kali dlm jangka waktu 2 ato 3 jam- an apakah pencernaannya lagi adaptasi ato masih normal?soalnya waktu masih belum di kasih MPASI BABnya 5 hari ato seminggu baru BAB,kl bikin pure wortel gak pake ASI ato susu formula biasa pake air putih?mohon penjelasannya ….makasih

    • tips-bayi June 13, 2012 at 1:04 am #

      @ mama gita,

      Salam kenal kembali.. ;-) Mohon maaf ni baru dijawab..

      Pola BAB bayi belum tetap. Bisa sering atau jarang.. Seiring dengan bertambah usianya maka pola BAB bayi Anda akan terbentuk hingga jadwalnya akan terlihat.. .Untuk frekuensi BAB, prinsip sederhananya “pengeluaran bagaimana pemasukan” ;-)

      Sebaiknya untuk pure wortel lebih bagusnya menggunakan ASi atau susu formula saja ..

  33. ayoe May 23, 2012 at 7:58 am #

    anak saya dari umur 4 bln udah saya kasih makan tapi sekarang2 ini baru ketahuan kalo anak saya alergi protein susu sapi dan yang saya baca2 dari info2,ternyata pemberian makanan padat sebelum usia 6 bulan dapat menyebabkan timbul nya alergi,yang mau saya tanya apa alergi anak saya ini bisa di sebabakan karena hal itu?thanks…

    • tips-bayi June 15, 2012 at 4:29 pm #

      @ ayoe,

      Bisa saja bu.. Dan bisa juga turunan, apa ada riwayat alergi pada Anda atau suami Anda..? Akan tetapi kasus alergi susu umumnya akan hilang saat anak berusia satu tahun ke atas atau sudah berusia 15 tahun. Menurut data, sebanyak 56 persen bayi yang sebelumnya menderita alergi susu, sudah menjadi toleran ketika berumur satu tahun. Sedangkan pada umur 15 tahun, 95 persen anak sudah tidak menderita alergi susu lagi.. ;-)

      Saran kami untuk mengantisipasi alergi, untuk sementara hidari saja dulu perkiraan pencetus alerginya, berikan ASI saja terus.. ;-)

  34. Lindawaty April 24, 2012 at 9:25 am #

    Dear tipsbayi,
    Saya mempunyai seorang putra berusia 5.5bln dgn BB 8.5 kg dan tinggi 69cm. Apakah bayi saya overweight? Karena setelah saya lihat di tabel pertumbuhan bayi BB dan tinggi tersebut untuk bayi usia 8 bulan, Tapi menurut DSA nya, bayi dibawah 2 tahun mau makan atau minumsusu seberapa banyak biarkan saja karena pertumbuhan otak. Yang saya takutkan adalah bayi saya overweight dan obesitas dalam tumbuh kembang selanjutnya. Apakah harus saya kurangi jadwal susu atau makannya?

    • tips-bayi May 7, 2012 at 12:38 am #

      @ Lindawaty,

      Kalau melihat TB-nya memang ideal dengan BB-nya.. Sedangkan untuk BB-nya termasuk BB ideal bayi usia 8 bulan. BB ideal untuk bayi usia 5,5 bulan +/- 7,2 kg.. Akan tetapi Anda jangan khawatir, bayi Anda masih ada dalam batasan NORMAL. hanya tergolong tinggi besar saja.. ;-)

      Obesitas pada anak diklasifikasikan berdasarkan hasil pengukuran berat badan dibandingkan panjang badannya. Dikatakan obesitas ringan bila perbandingan berat terhadap panjang badan antara 120-135%, sedangkan disebut obesitas berat bila perbandingan berat terhadap panjang badannya antara 150-200%.

      Untuk mencegah obesitas susukan terus ASI saja pada bayi Anda dan tunda pemberian MPASI pada usia 6 bulan dengan terus mempertahankan ASI sampai usia 2 atau 2,5 tahun.. dan buat pola makan yang baik dengan menu buatan sendiri.. ;-)

      Belum lama ini, Republika memuat artikel tentang obesitas pada bayi. Anda bisa membacanya di:

      http://www.republika.co.id/berita/41895/Berat_Badan_Bayi_Cepat_Naik_Awas_Obesitas

  35. tony April 15, 2012 at 7:57 am #

    hai tips bayi,,,,,

    putri saya umur 5 bulan sudah 4hari tidak mau asi,bahkan kalau mau diberi asi ketika sedang menangis tidak mau,biasanya putri 1jam bisa 3x asinya.tolong diberi penjelasnya.?

    terimakasih.

    • tips-bayi April 20, 2012 at 2:50 pm #

      @ tony,

      Jika Menolak ASI, kemungkinan disebabkan oleh :

      1] Kurang sehat.
      Kondisi tubuh bayi yang kurang sehat bisa membuat bayi kesulitan mengisap dengan baik, sehingga ASI yang didapat sedikit. Akhirnya
      bayi jadi capek atau frustrasi, dan menolak menyusu.

      2] Kesakitan.
      Bayi yang mengalami memar akibat lahir dengan alat bantu (misalnya: vakum) mungkin menolak menyusu jika bagian yang memar ini terpencet tiap kali ia menyusu.

      3] Tersumbat hidungnya.
      Bayi yang hidungnya tersumbat (karena pilek) mungkin menolak menyusu karena kesulitan bernafas.

      4] Sariawan.
      Bayi yang sedang sariawan, atau mulutnya terinfeksi jamur Candida mungkin hanya mau mengisap beberapa kali saat menyusu, lalu berhenti dan menangis.

      5] Sedang tumbuh gigi.
      Bayi yang sedang tumbuh gigi mungkin merasa gusinya nyeri, atau air liurnya berlebihan, atau agak demam, sehingga menolak menyusu karena merasa tidak nyaman.

      6] Mengantuk.
      Bayi yang terpengaruh efek sedatif (bius) obat-obatan mungkin menolak menyusui karena mengantuk.

      7] Bingung puting.
      Bayi yang diberi susu botol atau empeng terlalu dini (sebelum 2 minggu) mungkin menolak menyusu karena kesulitan menguasai teknik
      mengisap payudara – yang sangat berbeda dengan mengisap dot.

      8] Tidak mampu `mengambil’ cukup ASI untuk memenuhi kebutuhannya.
      Bayi yang belum menguasai teknik menyusu mungkin hanya mampu mengisap ASI sedikit sehingga harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk mengisap lebih lama atau lebih dalam. Akibatnya ia jadi capek atau frustasi, lalu menolak menyusu.

      9] Ingin `melawan’ perlakuan yang tidak menyenangkan.
      Jika ibu atau pengasuh kurang menguasai teknik mengatur posisi bayi saat akan menyusu, bayi bisa saja merasa diperlakukan kasar atau
      disakiti. Sebagai upaya `perlawanan’, ia pun menolak menyusu.

      10] Terganggu isapannya.
      Jika ibu sering memegangi atau mengguncang payudara saat menyusui, posisi mulut bayi terhadap payudara bisa terganggu. Akibatnya bayi
      merasa tidak nyaman dan menolak menyusu.

      11] Dibatasi jadwal menyusunya.
      Jika ibu menyusui hanya pada jam-jam tertentu dan bukan menurut keinginan bayi, bayi bisa frustrasi karena kelaparan dan malah
      menolak menyusu.

      12] Terganggu semburan ASI.
      Aliran ASI yang terlalu cepat dan deras saat bayi mulai mengisap bisa membuat bayi tersedak. Jika terjadi berulang kali selama
      menyusu, bayi mungkin jadi frustrasi dan menolak menyusu.

      13] Merasa terganggu oleh suatu perubahan.
      Bayi usia 3-12 bulan mudah terganggu oleh berbagai perubahan: berpisah dengan ibunya, ada pengasuh baru, pindah rumah, kedatangan
      tamu, ibunya sakit (atau sedang menstruasi), payudara ibu terinfeksi, bau tubuh ibu berubah, dsb. Ketika suatu perubahan dirasa mengganggu, bayi bisa jadi tidak menangis melainkan langsung `mogok’ menyusu.

      Cobalah dicek alasan alasan diatas, mana yang paling sesuai dengan kondisi istri Anda dan bayi Anda.

      Tetapi yang jelas, teruslah berusaha, dan berikan ketenangan pada istri Anda, karena ibu yang gelisah juga akan mempengaruhi bayinya,
      mungkin baik juga mengajaknya si anak bermain-main dulu.

      Teruslah memberinya ASI, karena dengan jarang memberikan ASI maka produksi ASIpun akan menurun, maka jika si BAYI tidak mau menyusui sebaiknya ASI tetap di pompa keluar.. ;-)

  36. lheehendra April 10, 2012 at 12:01 pm #

    Hello tips bayi salam kenal..mohon infonya yah

    Anak saya perempuan usianya 5bln 4hari…beratnya sekarang sudah 8,6kg dan panjang 66cm saya hanya memberikan Asi karna dia alergi sufor.. Dia sudah bolak balik tengkurep sendiri dan seringkali minta duduk atau berdiri..apakah bisa saya berikan Mpasi karna belakangan ini dia seringkali ngiler kalau lihat org makan, makanan apa Ījäª yg bisa saya berikan..dan jus buah atau sayur apa yg aman untuk bayi..terimakasih

    • tips-bayi April 17, 2012 at 3:25 pm #

      @ lheehendra,

      Salam kenal kembali.. ;-)

      Usia 5 bulan 8,6 kg ya..? Usia segitu sebenarnya boleh saja mulai diberikan MPASI, hanya saja mengingat BB bayi Anda termasuk lebih dari ideal maka sebaiknya Anda bisa tunggu sampai 6 bulan dulu deh.. Dan setuju sekali bayi Anda hanya mendapatkan ASI saja tidak sufor.. ;-)

      Karena dengan menyusukan terus ASI saja pada bayi Anda dan menunda pemberian MPASI sebelum usia 6 bulan dengan terus mempertahankan ASI sampai usia 2 atau 2,5 tahun.. serta membuat pola makan yang baik dengan menu buatan sendiri.. ini akan menghindari obesitas.. ;-)

      Untuk mengawali nanti jika akan dimulai diberikan MPASI.. Untuk makanan pertamanya sebaiknya bubur susu atau pure buatan Anda sendiri.. Usahakan rasanya tidak terlalu jauh dari rasa makanan pokok sebelumnya ASI..

  37. siska April 8, 2012 at 4:03 am #

    dear tips bayi, saya punya bayi yang tanggal 9 april besok berusia 6 bulan. sejak usia 5 bulan dia mulai kurang menyusu,dia hanya saya beri asi. karena takut beratnya berkurang saya beri mpasi bubur beras merah tambah buah plus asi. untungnya dia mau makan. cuman seleranya untuk menyusu juga tambah berkurang. 5 menit menyusu trus dilepas. kira2 apa penyebabnya bayi kurang selera menyusu ya, padahal saya ingin dia trus mendapat asi sampai 2 tahun. thanks atas jawabannya/

    • tips-bayi April 16, 2012 at 4:33 am #

      @ siska,

      Memang seperti itu.. Jika bayi sudah mendapatkan MPASI, maka nafsu minum susunya akan sedikit berkurang. Walaupun demikian, tetaplah berikan ASI pada bayi Anda. Jika Anda rasa bayi Anda kurang minum ASI, Anda juga bisa mencampurkan jatah ASI-nya ke dalam MPASI bayi Anda.. ;-)
      Teruslah memberikan ASI pada bayi Anda sampai bayi Anda berusia 2 atau 2,5 tahun..

  38. nisa April 4, 2012 at 6:21 am #

    dear tips bayi…

    kalo mau bikin dari bahan beras gimana cara buatnya, apa sebelum di blend perlu di sangrai dulu? atau ada yang sudah jadi dalam bentuk tepung?

    terimakasih

    • tips-bayi April 6, 2012 at 7:41 am #

      @ nisa,

      Lebih baik sih buat sendiri tepungnya.. ;-)

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Anda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan.. ;-)
      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

  39. Ayu March 27, 2012 at 3:27 pm #

    Risyia skrg berumur 5bulan 6hari..alhamdulillah sehat.akhir2 ini Risyia senang sekali memperhatikan orang makan dan minum.kalau sedang memperhatikan,mulutnya juga bergerak2 seperti orang sedang mengunyah makanan.apa itu berarti Risyia sudah boleh diberi MPASI spt bubur susu atau biskuit bayi dll..ibu saya selalu menyuruh saya untuk segera memberi Risyia MPASI,tapi ipar dan mertua saya belum boleh katanya nunggu 6bulan dulu..saya jadi bingung.
    tolong penjelasannya tipsbayi
    terimakasih

    • tips-bayi March 31, 2012 at 5:50 am #

      @ Ayu,

      Hmm.. sepertinya Risyia sudah siap deh.. :-)

      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Untuk makanan pertamanya sebaiknya bubur susu atau pure buatan Anda sendiri.. Usahakan rasanya tidak terlalu jauh dari rasa makanan pokok sebelumnya ASI..

      Bubur susu.. Anda bisa membuat bubur susu sendiri dari tepung beras putih/ merah..

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Anda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan.. ;-)
      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

  40. dayu erma March 16, 2012 at 6:23 pm #

    hallo tips…mohon informasinya ya…

    bayiku kan lahir prematur 8 bulan, dengan KPD, dan berat bayiku saat lahir 1,96 kg, sempat di inkubator selama 20 hari, tali pusarnya baru lepas di usianya 24 hari, apakah itu normal?sekarang bayiku sudah berusia 5 bulan 10 hari, lehernya belum begitu kuat untuk menopang kepalanya (sekitar 70%). namun berat badan, panjang badan, dan ukuran lingkar kepala menurut DSA sudah masuk grafik normal (sesuai KSM) di usianya 4 bulan. apakah bayiku tergolong normal?bagaimana cara menentukan perkembangan otaknya apakah dia tergolong normal atau ngga? maaf banyak pertanyaan…mohon informasinya…makasi banyak ya tips…

    • tips-bayi March 21, 2012 at 3:15 am #

      @ dayu erma,

      Perkembangan bayi Anda cukup bagus.. NORMAL.. Meskipun sayang kami tidak tahu BB bayi Anda saat ini.. ;-)

      Usia 4 bulan belum bisa terlihat perkembangan otaknya. Akan tetapi Anda memang harus memperhatikan perkembangan bayi Anda sejak awal.. Karena 3 tahun pertama kehidupan anak Anda ternyata memiliki peran yang sangat PENTING dalam membentuk kecerdasannya.

      Mengapa demikian? Ketika anak Anda berusia 3 tahun, ia akan memiliki 90% berat otaknya ketika dewasa!

      Dengan kata lain, 90% pertumbuhan otak manusia terbentuk ketika ia berusia 0-3 tahun. Itulah GOLDEN AGE..

      Maka penting sekali Anda mempertahankan pemberian ASI sampai usia 2 atau 2,5 tahun.. Meskipun susu formula terlihat bisa mengganti ASI, akan tetapi Susu terbaik untuk bayi Adalah ASI.. Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

      Dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

      Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

      ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

      Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

      Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

      Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

      Anda bisa baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

      Anda bekerja..? Sebenarnya Anda masih bisa memberikan ASI saja tanpa sufor meskipun Anda sibuk bekerja di luar rumah.. Anda bisa memerah/ memompa ASI Anda ketika Anda sedang dirumah, simpan ASI perahan pada botol di lemari es atau freezer, berikan ASI tersebut pada bayi Anda oleh anggota keluarga yang lain ketika Anda tidak sedang dirumah. Jangan lupa hangatkan terlebih dahulu ASI tersebut, dengan cara merendamnya di wadah yang berisi air panas..

  41. threena March 12, 2012 at 12:17 pm #

    Dear tips…

    Ada yang mau saya tanyakan…
    Putri kedua saya sekarang berumur hampir 6 bulan..tapi kenapa ya anak saya belum bisa menegakkan kepala?? apakah itu normal ?

    sekarang anak saya udah belajar tengkurap, tapi untuk mengangkat kepala kayanya masih berat banget…dan kalo posisi duduk kepalanya juga belum kuat, tegaknya cuma sebentar, abis itu nyender lagi…kira2 normal ga ya dengan usia segitu??

    soalnya putri saya yang pertama, waktu umur 5 bulan dia sudah bisa mengangkat kepalanya pada saat posisi tengkurap….

    mohon saran..trims

    • tips-bayi March 19, 2012 at 3:41 am #

      @ threena,

      Bayi Anda sudah belajar tengkurap itu bagus.. Anda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, kakak beradik sekalipun. Terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan, itu masih NORMAL kok.. ;-)

      Jika sudah waktunya akan tegak juga.. :-)

  42. mommee March 6, 2012 at 6:24 am #

    dear tips, mau tanya.. anakku 5m2w sudah 3hari blajar MPASI dengan puree alpukat+asi. yang mau aku tanyakan adalah kok pupnya jadi hijau ya? apa dari alpukatnya apa ngga cocok (alergi) alpukat ya? anakku masi ASIX. oiya saat ini BB 5,8kg PB 62cm. Kurus nggak tuh? mohon jawaban yaaaa binguuuuuungggg,, ,makasi tips

    • tips-bayi March 12, 2012 at 4:00 am #

      @ mommee,

      BB bayi Anda termasuk termasuk NORMAL.. karena termasuk 85% BB normal untuk bayi Indonesia..

      Bagus dan tepat sekali Anda masih memberikan ASI saja disamping MPASI barunya.. Pertahankan.. ;-)

      BAB hijau seperti itu bisa kemungkinan karena makan alpukat dan terkadang memang bisa terjadi demikian, wajar karena sistem pencernaan bayi dan pembentukan enzim pencernaan pun belum sempurna. Atau BAB hijau bisa karena makanan yang bayi Anda konsumsi mempunyai kandungan gula & laktosa tinggi tapi rendah lemak.. Atau cara ibu memberikan ASI kurang tepat/belum benar (yang terhisap oleh bayi hanya foremik saja, dimana sibayi selalu mengisap ASI depan terlebih dahulu yang mempunyai kandungan gula & laktosa tapi rendah lemak yang membuat bayi cepat lapar kembali & ASI belakang yang mengandung banyak lemak akan terhisap setelah foremik habis, padahal hidmik (ASI belakang) inilah yang membuat feses bayi menjadi kuning.. ;-)

  43. Yoana February 18, 2012 at 12:28 am #

    Dear TipsBayi, saya masih penasaran dengan cara menidurkan bayi yg baik dan benar.

    Anak saya pertama usia 2,5 th, tiap kali tidur minta susu (pakai botol), apa bisa diubah kebiasaan itu? Bagaimana kalau tidurnya malah berkurang karena sekarang saja sudah susah tidurnya, siang 1x tidur, lalu jam 9malam tidur malamnya.

    Dia bisa tidur tanpa susu kalau semua orang tidur jg. Kalau tidak minta susu (atau susu nya sudah habis diminum tapi belum tidur), biasanya dia minta digendong baru bisa tidur.

    Anak kedua saya mau menginjak usia 6bulan, terimakasih u/ tips dan sharing nya yg sangat bermanfaat. Cara menidurkannya jg sama, digendong lalu diberi susu botol. Mohon sarannya. terimakasih.

    • tips-bayi February 24, 2012 at 1:46 am #

      @ Yoana,

      Sudah kebiasaan seperti itu jika ingin dirubah ya harus membuat kebiasaan baru yang dibiasakan.. ;-)

      Cara Anda menidurkan seperti itu memang sudah umum dan biasa.. Bayi ke dua Anda baru berusia 6 bulan, belum terlambat membuat kebiasaan yang baik.. Bukan berati bayi Anda sama sekali tidak boleh digendong. Hanya saja jangan terlalu sering hingga terbiasa dan ketagihan..

      Bagi yang sudah ketagihan.. Jangan khawatir, nanti seiring dengan bertambahnya usia, biasanya dia akan berubah kok kebiasaannya. Bahkan banyak bayi yang biasa digendong sebeleum tidur, ketika sudah berusia 6 bulan-an sudah menolak untuk digendong :)

      Jika minumnya jatah minum susu anak Anda.. itu memang harus diberikan.. Yang jangan dibiasakan adalah memberikan botol susu ataupun empeng sambil tiduran. Selain ini akan menjadi lebih sulit dihentikan saat sudah menjadi kebiasaan. Dampak yang timbul tidak hanya fisik (seperti bentuk rahang dan gigi yang kurang baik), tapi juga psikologis. Dan.. Kebiasaan minum susu pada botol atau ngempeng sambil tiduran diindikasikan sebagai salah satu penyebab infeksi saluran telinga.

  44. bunda endya February 13, 2012 at 6:22 pm #

    boleh gabung tips? Perkenalkan, saya bunda endya.. Anak saya umur 5bln,bru dikasih MPASI.. Sehari bru dikasih 1x, porsi 2 sendok teh.. Cukup apa kurang yah.. Klo dikasih makan segitu ky kurang.. Klo ditambh takut kekenyangan.. Mohon saran’a ya..

    • tips-bayi February 23, 2012 at 2:53 am #

      @ bunda endya,

      Gabung..? tentu BOLEH dong.. ;-)

      2 sendok teh takaran makanan sudah jadi ya..? Kurang tuh bunda.. Endya seperti yang masih lapar kan..? Usia 5 bulan standarnya 5 sendok bunda.. 6 bulan 6 sendok.. begitu terus.. tapi jika Endya terlihat masih kurang jangan berpatokan pada takaran itu.. bisa Anda tambah kok.. ;-)

  45. Rini January 30, 2012 at 3:18 pm #

    dear tips bayi,
    baby saya tgl 19 kemarin 6 bulan dan saya sudah berikan MPASI, tetapi sampe sekarang itu nangis terus saat di suapin buburnya,apakah normal ya?saya berikan bubur 2x sehari pagi sekitar jam 7 (saya berikan 2 jam stelah diberi ASI) dan sore skitar jam 4 atau 5 sore.wajar ga yah?terus klo memang waajar kirakira sampai kapan ya wajarnya baby makan tidak nangis?
    trima kasih

    • tips-bayi February 6, 2012 at 3:41 am #

      @ Rini,

      Tangisan bayi juga dapat menggambarkan keadaan kesehatannya. Bayi juga perlu menangis keras sesekali. Ibu tak perlu kuatir dan cemas. Yang penting perhatikan penyebabnya dan jangan gugup. Suasana hati yang mengasuh bayi juga turut berpengaruh. Bayi cenderung gelisah bila sang pengasuh atau ibu juga dalam keadaan tegang atau stres. Oleh karena itu kenali tangisan bayi kita.. ;-)

      Menangis adalah satu-satunya cara mengekspresikan perasaan tidak enak bayi Anda. Menangis pada bayi bukan hanya karena kesakitan saja tapi bisa lapar, haus, kaget, gerah ataupun yang lainnya.. Yang jelas bayi Anda perlu ditenangkan saja.. Buatlah bayi Anda menjadi lebih tenang dengan mendekapnya, memberinya ASI..

      Dan kita juga perlu perhatikan satu persatu, kira kira apa saja sih yang membuat sang bayi menangis?

      1.Rasa lapar
      2. Bayi ingin bersih
      3.Lingkungan yang tidak nyaman
      4. Bayi tidak bebas bergerak.
      5. Bayi ingin disayang
      6. Bayi rewel setelah minum ASI atau Susu
      7. Kolik perut
      8. Menangis gelisah dan rewel akibat kebiasaan buruk ibu atau ayah

  46. Arlinsari January 30, 2012 at 7:08 am #

    Tips bayi…..

    Bayi saya (Yovan) usia 5 bulan, sejak lahir yovan sering tdur dgn posisi kepala miring ke kiri (menghadap ke kanan)….sekarang kalo kepalanya di tegakkan terlihat kepalanya lebih berat di kiri,…

    mhn bantuannya tips bayi bgmn cara mengatasinya agar tdk menjadi kebiasaan.

    thks

    • tips-bayi February 6, 2012 at 3:37 am #

      @ Arlinsari,

      Memang benar.. Biasanya bentuk kepala bisa terpengaruh oleh posisi tidur.. manipulasi posisi tidur sangat berpengaruh pada bentuk kepala bayi.. Maka posisikan tidur bayi Anda bergantian dan berfariasi.. Meskipun demikian, tetap bentuk kepala sangat dipengaruhi juga oleh keturunan atau bawaan lahir.. ;-)

      Bentuk kepala bayi Anda masih akan terus berubah. Hal ini karena sambungan antar tulang-tulang tengkorak yang terdiri dari tulang rawan dan ubun-ubun baru mulai mengeras di usia 9 bulan dan menutup sempurna pada usia 18 bulan.

      Untuk mengurangi resiko bantuk kepala rata pada bayi, maka dengan melatih dan membiasakan tengkurap adalah salah satu solusinya. Anda bisa membaca artikel kami tentang posisi tidur tengkurap pada bayi di:

      http://www.tipsbayi.com/index.php/waktunya-tengkurap

  47. afria January 25, 2012 at 4:47 am #

    dear tips..

    baby saya 6bln 9 hari. saya beri ASI saja sampe 6bln. 9 hari ini sy kenalkan dg MPASI hanya buah n sayur yg sy buatan sendiri, 2x sehari. pure buah or sayur saja yg diblender atau dikukus n disaring jika dibutuhkan. sy renc memberikan makanan berpati spt tepung beras, kentang dll stlh umur 8 bln (sy baca dr buku ahli gizi) dan diupayakan makanan baby sy bebas pengawet, garam, gula sampe 1 th dan pemberian ASI sampe 2 th. apakah pemahaman sy sudah tepat?

    • tips-bayi February 2, 2012 at 2:00 am #

      @ afria,

      Wah.. pemahaman yang bagus dan berguna bagi kita semua.. BAGUS bu.. lanjutkan.. ;-)

  48. sherly January 2, 2012 at 6:43 am #

    maaf tips , tanya lagi nih.
    Saat ini berat bayiku sdh 8,3kg dan panjangnya sdh 70cm
    Beberapa orang beranggapan bayiku gendut, apakah ukuran tubuhnya masih tergolong normal ngk untuk usianya yg 5bulan.
    Atau memang dia skrg kelebihan berat , ada kemungkinan ngk bayiku bisa obesitas, ?

  49. sherly January 2, 2012 at 6:33 am #

    Tips bayi

    Bayiku skrg berusia 5 bulan, sejak seminggu lalu udh mulai aku perkenalkan dgn makanan cair ( biskuit bayi )dan bubur beras merah.
    Semingu awal proses makan berjalan lancar, tapi udh 3 hari terakhir ini BABnya jadi sering. Sebelum mulai makan, BABnya sehari sekali, kadang 2kali sehari, tapi 3 hari terakhir ini BABnya sehari bisa 3 kali, malah kemarin sehari 4 kali.
    Kondisi fesesnya sih seperti biasa, tdk berupa cairan gitu,
    kira-kira apa penyebabnya yach. Apakah itu artinya dia blm siap di beri makanan tambahan.
    Nb: sudah sy konsultasikan dgn bidan terdekat, menurut bidan, kondisinya tdk perlu di khawatirkan, selama kondisi kotorannya tdk berupa cairan dan tdk meyemprot. Tapi oleh bidan di beri L-Bio.

    Di mohon infonya…

    • tips-bayi January 6, 2012 at 2:51 am #

      @ sherly,

      Benar.. NORMAL dan Anda tidak perlu khawatir.. Wajar apabila setelah bayi Anda mendapatkan MPASI, frekuensi BAB bayi Anda bertambah atau berbeda dengan sebelumnya. BAB bayi Anda masih NORMAL.. Pola BAB bayi belum tetap. Bisa sering atau jarang.. Seiring dengan bertambah usianya maka pola BAB bayi Anda akan terbentuk hingga jadwalnya akan terlihat.. Untuk frekuensi BAB, prinsip sederhananya “pengeluaran bagaimana pemasukan”.. ;-)

      Sepertinya bayi Anda sudah siap menerima MPASI.. dia tidak menolak kan..? Apakah bayi Anda sudah memperlihatkan tanda-tanda berikut:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik..

      Memang BB-nya lebih dari ideal.. buat saja pola makan yang baik.. pertahankan pemberian ASI, jadikan ASI sebagai susu campuran MPASI-nya. Kalau bisa jangan memberikan sufor.. ;-)

      Obesitas pada anak diklasifikasikan berdasarkan hasil pengukuran berat badan dibandingkan panjang badannya. Dikatakan obesitas ringan bila perbandingan berat terhadap panjang badan antara 120-135%, sedangkan disebut obesitas berat bila perbandingan berat terhadap panjang badannya antara 150-200%.

      Belum lama ini, Republika memuat artikel tentang obesitas pada bayi. Anda bisa membacanya di:

      http://www.republika.co.id/berita/41895/Berat_Badan_Bayi_Cepat_Naik_Awas_Obesitas

  50. bunda rafi December 7, 2011 at 2:18 pm #

    anak ku udah 5 bln aku udah cba memberikan makanan tambahan,tapi setiap aku kasih makanan tambahan dia selalu mengamuk, , pada walnya semangat dia makn trus nangis mengamuk meskipun aku kasih dia MPASI dia mkan sambil mengamuk, , ,knp ya?????

    • tips-bayi December 17, 2011 at 4:07 am #

      @ bunda rafi,

      Menangis.. lalu mengamuk..?

      Menangis adalah satu-satunya cara mengekspresikan perasaan tidak enak bayi Anda. Menangis pada bayi bukan hanya karena kesakitan tapi bisa lapar, haus, kaget, gerah ataupun yang lainnya.. Yang jelas bayi Anda perlu ditenangkan saja.. Buatlah bayi Anda menjadi lebih tenang dengan mendekapnya, memberinya ASI .. ;-)

      Dan kita juga perlu perhatikan satu persatu, kira kira apa saja sih yang membuat sang bayi menangis?

      1.Rasa lapar
      2. Bayi ingin bersih
      3.Lingkungan yang tidak nyaman
      4. Bayi tidak bebas bergerak.
      5. Bayi ingin disayang
      6. Bayi rewel setelah minum ASI atau Susu
      7. Kolik perut
      8. Menangis gelisah dan rewel akibat kebiasaan buruk ibu atau ayah

      Tangisan bayi juga dapat menggambarkan keadaan kesehatannya. Bayi juga perlu menangis keras sesekali. Ibu tak perlu kuatir dan cemas. Yang penting perhatikan penyebabnya dan jangan gugup. Suasana hati yang mengasuh bayi juga turut berpengaruh. Bayi cenderung gelisah bila sang pengasuh atau ibu juga dalam keadaan tegang atau stres. Oleh karena itu kenali tangisan bayi kita.

  51. Bunda Aqilla December 7, 2011 at 3:32 am #

    dear tips bayi ,

    aqilla saat ini ber umur 5 bln.rencananya mau saya kasih MPASI.berat badannya sudagh 8 kg.dari bayi dia minum SUFOR,dikarenakan ASI saya ngga keluar.pdhal saya sudah mencoba berbagai cara agar asinya keluar.mungkin tuhan punya rencana lain.

    tips bayi, aqilla suka sekali minum air putih.kadang -2 dlm 1 hari bisa menghabiskan lbh dari 50cc.apa itu boleh?

    klu membuat puree pisang,klu pisangnya ngga dikukus /direbus blh ngga?

    trimakasih y untuk jawabannya….

    • tips-bayi December 17, 2011 at 3:56 am #

      @ Bunda Aqilla,

      Sepertinya Aqilla memang sudah siap MPASI.. Bismillah.. ;-)

      Pemberian air putih ini merupakan insting langsung para orang tua untuk menghindari dehidrasi dan biasanya bayi suka sekali, tetapi terlalu banyak air dapat menganggu keseimbangan cairan dalam tubuh bayi. Susu (terutamaASI) merupakan cairan yang terbaik untuk tetap menjaga bayi yang belum banyak memakan makanan padat dari ancaman dehidrasi, bahkan untuk bayi dibawah 6 bulan jangan dberi minum air putih, meskipun anak Anda 7 bulan ada baiknya bayi Anda jangan diberi terlalu banyak air putih dulu, cukup diberikan untuk mendorong makanan saja, perbanyaklah ASI atau sufor..

      Direbus boleh saja.. tapi baiknya untuk pisang sih dikukus.. ;-)

  52. Elsa .p b November 26, 2011 at 6:32 am #

    Thnk atas infonya.
    Ankku perkembangnnya sma kyk diats…

    • tips-bayi December 13, 2011 at 4:06 am #

      @ Elsa .p b,

      Sama-sama.. ;-)
      Bayi Anda sehat berarti ya..

  53. anggraini diah November 25, 2011 at 7:40 am #

    salam kenal…sy mau tanya.bayi sy 4bln sudah 7 hari ini BAB nya encer, dan kadang berbusa.sehari bisa sampai 5-6 kali.sebelumnya BABnya normal saja, 1-2 hari sekali.minum nya ASI + sufor sejak usia 2 bln karena sy bekerja.sehari sufornya 3-4 botol.sisanya ASI.sejak sering BAB rutinitasnya setiap minum ASI,terus tidur, bangun tidur BAB encer…begitu terus seharian.biasanya malam tdk pernah BAB,semalam BAB 2 kali.encer.bagaimana cara menghentikan diarenya?saya coba beri pure pisang,tapi masih tidak ada perubahan diarenya…apa boleh diberi oralit sachet?apa obat yang tepat?terimakasih….

    • tips-bayi December 12, 2011 at 3:09 am #

      @ anggraini diah,

      Memang benar DIARE adalah reaksi alami ketika ada “benda asing” yang masuk ke tubuh. Ketika ada racun menerobos ke dalam tubuh, otomatis ada respons dari tubuh. Nah, aksi yang muncul adalah mengeluarkan racun tersebut dengan cara BAB yang sering kali harus berkali-kali. Jadi diare sebenarnya adalah mekanisme pertahanan tubuh juga.

      Diare dengan atau tanpa muntah hanyalah gejala, bukan penyakit. Karena itu, yang terpenting adalah mencari penyebabnya.

      Penyebab utama diare adalah infeksi virus, maka obatnya adalah cairan rehidrasi oral (oralit) dan air susu ibu (ASI) untuk mencegah dehidrasi. Ingat ASI sekali lagi ASI saja.. :-)

      Hati-hati dalam memberikan obat-obatan kepada bayi Anda, kalau memang perlu harus sesuai petunjuk dokter.. ;-)

      Oh ya.. Anda bekerja..? Sebenarnya Anda masih bisa memberikan ASI saja tanpa sufor meskipun Anda sibuk bekerja di luar rumah.. Anda bisa memerah/ memompa ASI Anda ketika Anda sedang dirumah, simpan ASI perahan pada botol di lemari es atau freezer, berikan ASI tersebut pada bayi Anda oleh anggota keluarga yang lain ketika Anda tidak sedang dirumah. Jangan lupa hangatkan terlebih dahulu ASI tersebut, dengan cara merendamnya di wadah yang berisi air panas.. ;-)

      ASI juga bagus jika dijadikan susu campuran MPASI-nya..

  54. nia October 29, 2011 at 4:34 am #

    salam kenal tips..
    bayi sy ntar tgl 11 nov ’11, usia 4 bulan, sudah bisakah diberi makanan padat??
    makanan yg cocok diberikan apa??
    dan tolong diinfokan cara membuat pure ( pisang, kentang dan… ??? )

    • tips-bayi December 2, 2011 at 3:36 am #

      @ nia,

      Salam kenal kembali.. ;-)

      Bayi Anda sekarang sudah 4 bulan ya..?
      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan.. ;-)
      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

      Baik juga Anda baca artikel berikut..

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Cara membuat pure wortel/ kentang/ apel/ pisang, dll:

      1. Rebus atau kukus kentang atau wortel hingga empuk (apel dan pisang sebaiknya dikukus)
      2. Setelah empuk, angkat dan hancurkan menggunakan sendok atau garpu
      3. Campurkan ASI atau susu formula
      Jadi deeeeeeeh… ;-)

  55. ummi azka October 27, 2011 at 10:27 am #

    salm tipsbayi……….
    bayi sy azka sekarang sudah 5 bulan 15 hari BB na 5,2 sy lihat azka kecil bgt. apa BB normal?? azka juga sudah seperti mau mamam, tanda2 d atas udah sering di alami azka, klo malam sudah gk tenang tdr na,sering bangun tengah mlm.

    • tips-bayi December 2, 2011 at 1:57 am #

      @ ummi azka,

      Untuk BB bayi Anda masih tergolong normal, karena masih 75% BB normal untuk bayi Indonesia, meskipun terlihat agak kecil ya..? Anda jangan terlalu khawatir.. Apalagi jika bayi Anda lincah dan aktif..

      Sepertinya Azka sudah siap menerima MPASI bubur saring. Anda bisa mencoba memberikannya dari tekstur cair dan bubuhkan ASI sebagai campurannya lebih banyak agar rasanya tidak jauh dengan rasa ASI.. ;-)

      Apakah Azka sudah memperlihatkan tanda-tanda berikut?

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok

      Hanya saja.. Jangan Anda biasakan memberikan makanan instan. Apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet..

      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

  56. tipsbayi October 13, 2011 at 5:10 am #

    @ mank nori.

    Jangan Pak, tunggu sampai 6 bulan.

  57. Anonymous October 8, 2011 at 3:58 am #

    Hai..slm knl ya. Bayi sy 5bln 15hri BB 7kg apakah uda normal tp anak sy keliatan kurus uda ga ASI smnjak umur 4bln. Skrg Sufor+mkn bubur.

    • tipsbayi October 9, 2011 at 6:17 am #

      BB-nya normal kok untuk usianya…

  58. mank nori September 26, 2011 at 8:20 am #

    salam kenal tips…
    saya mau tanya,putri sy skrg umur 5 bln, blh dikasi jus buah ga…?

  59. jatu September 22, 2011 at 2:15 am #

    salam kenal ya tips…..
    usia anak saya baru 5 bulan 1 minggu,,tapi saya belum berani ngasih MPASI,,takut pencernaannya belum bisa nerima,,tapi kalau dilihat dr tanda-tanda diatas anak saya sudah mengalaminya,,,gimana ya tips???

    • tipsbayi September 24, 2011 at 8:21 am #

      @ Jatu: Memang Bu, sebaiknya tetap tunggu sampai 6 bulan…

  60. ibu umay September 15, 2011 at 6:04 pm #

    slm kenal tips,, :)
    Sy mau tanya,,putera sy skrg usia 5bln.sy bingung karena dia terbiasa sekali menggaruk garuk kepalanya,,sprtinya tidak benar2 gatal.dia biasa menggaruk kepalanya ketika sudah mengantuk dan ingin tidur.atau mungkin itu hanya sugestinya sj u/ membuat dirinya tertidur atau bgmn ya?cara menghilangkan kebiasaannya bgmn tips?

  61. Trias July 14, 2011 at 1:55 am #

    tips mohon di jwb dong…. mksh….

  62. Trias July 7, 2011 at 10:33 am #

    Hai tips,

    Ara genap berusia 5 bulan < terakhir suka memasukkan kedua tangannya ke mulut< apa ini normal? mainan apa yg sesuai untuk usia Ara?

    Oia tips, kadang keluar air mata di salah satu matanya, padahal tdk merah, kira@ kenapa ya?

    thanks

    • tipsbayi July 14, 2011 at 3:00 am #

      @ Trias,

      Benar.., umur segitu bayi biasa memasukan benda-benda atau tangannya ke mulut.. NORMAL kok. Apakah Ara sudah mendapatkan MPASI..? Kalau belum, sepertinya Ara sudah memperlihatkan kesiapan.. ;-)

      Anda bisa mencoba memberikan mainan “teether”. Mainan ini biasanya sifatnya empuk dan bisa digunakan si kecil untuk digigit-gigit. Biasanya lumayan efektif untuk mengurangi kebiasaan ngemut tangan.

      Untuk mainan bisa Anda berikan mainan yang biasa dipegang bahannya lembut, aman bila digigit, warnanya cerah. Atau mainan yang digantung, bisa digantung di atas perut, jadi nyaman buat bayi Anda untuk melihatnya.

      Kunjungi juga : http://www.tipsbayi.com/index.php/5-mainan-favorit-di-usa

      Matanya tidak ada (maaf) “Belek” atau kotoran..?

      Sepertinya “tidak” ya..?

      Jika ada kotoran atau belek pada mata bayi tanda karena adanya penyakit yang menyebabkan mata berair dan banyak mengeluarkan kotoran mata. Kondisi ini beragam penyebabnya, antara lain:

      * Infeksi jalan lahir. Biasanya, infeksi jalan lahir didapat bayi ketika proses persalinan berlangsung. Dokter biasanya memberikan obat yang sesuai dengan penyebab infeksinya.
      * Adanya sumbatan pada saluran air mata bayi. Kondisi ini akan menghambat aliran air mata bayi ke rongga hidung, sehingga mata bayi pun berair terus-menerus. Nah, genangan air inilah yang bisa mengundang kuman penyebab infeksi.

      Untuk mengatasinya, lakukanlah tindakan-tindakan berikut.

      * Perhatikan apakah belekan yang terjadi normal atau tidak.
      Jika masih normal, artinya hanya sedikit belek pada mata bayi di pagi hari dan tidak sampai mengganggu (membuat mata bayi lengket), maka Anda tidak perlu khawatir. Bersihkan saja matanya menggunakan kapas dan air hangat. Arahnya dari bagian dalam ke arah luar mata.

      Jika belek bayi cukup banyak, sehingga menyebabkan mata bayi Anda lengket, cobalah mengompres matanya dengan kapas yang dicelupkan ke air hangat. Biasanya, kotoran yang membuat mata bayi lengket akan lebih mudah dibersihkan. Jangan sekali-sekali menggunakan boorwater atau cairan pembersih mata.

      * Segera bawa ke dokter, jika belekan lebih dari tiga hari. Sebelumnya, perhatikan apakah bagian putih matanya merah atau tidak. Sampaikan hal ini ke dokter ketika berkonsultasi.

      * Waspada terjadinya infeksi, yakni jika matanya kemerahan. Dokter biasanya akan memberi obat untuk membantu mengatasi infeksi. Perhatikan cara memberikan obat mata pada bayi, tanyakan dengan jelas cara pakainya.

      * Atasi penyumbatan saluran air mata jika hal ini terjadi dan infeksi telah diatasi. Untuk itu, kemungkinan Anda perlu melakukan pemijatan untuk membantu ‘membuka’ saluran air mata yang tersumbat. Perlu Anda tahu, saluran air mata ada di bagian dalam mata, dekat dengan pangkal hidung. Langkah-langkahnya:
      # Cuci tangan sebelum memijat pangkal hidung bayi.
      # Upayakan jangan sampai kuku jari tangan Anda melukai kulit bayi yang masih rentan.
      # Perhatikan pula, apakah kulit jari-jari tangan Anda tidak kasar. Sebab, kulit yang kasar bisa saja melukai bayi ketika Anda memijatnya.
      # Pijatan biasanya dilakukan dengan menggerakkan ibu jari dari pangkal hidung bayi (tepi mata sebelah dalam) ke arah hidung (ke arah bawah). Atau, pijat dalam gerakan berputar-putar. Lakukan pijat hidung bayi ini 2 – 3 kali sehari.
      # Jika merasa bahwa ibu jari Anda terlalu besar, gunakan jari lain untuk memijat bagian tersebut.
      # Ketika memijat, ingat bahwa kulit maupun otot si kecil masih sangat tipis. Jadi, Anda tak perlu menekannya dengan kuat, tetapi cukup menggosok/mengusapnya perlahan-lahan.
      # Ketelatenan Anda melakukan pemijatan ini setiap hari, sangat membantu upaya ‘mengeringkan’ genangan air mata yang mengganggu bayi Anda. . ;-)

  63. gry po szkole May 18, 2011 at 1:08 pm #

    Odlotowa witryna internetowa, rewelacyjnie si? czyta komentarze.

  64. rany May 13, 2011 at 1:24 pm #

    bebi sy umur 5 bulan dan sy sdh mencoba memberi solid… sy sdh baca jadwal untuk pemberian makanan… jika mengikuti jadwalnya apa susunya ga kurang?? mslhnya bebi sy sehari sekitar 700-800 sehari… itu normal apa kurang ya??

    trus porsi untuk pemberian makan seberapa banyak ya??

    thx

    • tipsbayi May 23, 2011 at 4:09 am #

      @ rany,

      700cc – 800cc sehari sudah cukup.. setelah lebih dari 6 bulan kebutuhan susu semakin berkurang karena anak sudah mengenal makanan sehingga cukup diberikan 300 – 400 cc per hari..

      Pemberian susu pada bayi Anda sudah tergantikan dengan MPASI-nya kan.. ? ;-)
      Tapi jika terasa kurang, Anda juga bisa mencampurkan ASI atau sufor jatah bayi Anda ke MPASI-nya..

      Porsinya Anda berikan bertahap sesuai kemampuan dan kesiapan bayi Anda. Standar ukurannya untuk 5 bulan berarti 5 sendok makan, 6 bulan 6 sendok makan.. terus begitu.. Tapi ingat BERTAHAP dan lihat kesiapan..

  65. mama abia May 10, 2011 at 2:48 pm #

    babyq usia 4.5 bln.. uda sebulan ini makan bubur encer 1X sehari..
    BB skrg 6.7 kg TB 65cm..normalkah??
    sy mau kenalin buah n sayur.. lebih baik yg mana dulu yah??
    buah dulu atau sayur??

    • tipsbayi May 23, 2011 at 4:03 am #

      @ mama abia,

      BB dan tinggi badan Abia sangat ideal dengan usianya.. Sudah tentu NORMAL.. ;-)

      Bila sudah mulai diberi bubur susu, Anda bisa mulai mengenalkan pure BUAH dulu..

      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan.. ;-)

      Anda bisa baca link terkait:

      http://www.tipsbayi.com/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan.html

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

  66. ummu azmy April 27, 2011 at 6:52 am #

    trm ksh atas jawabannya tips bayi.. tp yg mgkn blm smpat di jwb bgmn dengan biskuit yg saya buat sendiri dengan bahan havermout (quaker oat biru quick cook) dan dicampur dgn orchid butter, apa itu boleh utk bayi ?

    • tipsbayi May 3, 2011 at 2:57 am #

      @ ummu azmy,

      Oh ya.. terlewat ya.. :-)

      Bagus Anda gunakan bahan havermout sebagai fariasi MPASI Azmy, bisa Anda buat biskuit atau dibuat bubur.

      Untuk butter.. MENTEGA/ BUTER merupakan produk industri susu karena bahan utama pembuatannya berasal dari lemak hewani atau susu (80-82 %), dan ditambah dengan bahan pendukung lainnya seperti air, garam dan padatan susu (curd). Selain itu mentega diperkaya dengan vitamin A, D, E dan K yang tidak larut dalam air. Mentega mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan lebih memberikan rasa gurih serta aroma yang lebih tajam.

      MARGARINE terbuat dari minyak atau lemak nabati, dan bahan tambahan seperti susu bubuk skim atau lemak hewani, air, garam, esens, pewarna dan zat anti tengik.

      Mentega atau butter. Di pasaran ada 2 jenis butter, yaitu yang salted (asin) dan unsalted (tawar). JADI.. sebaiknya pilih butter yang unsalted (tawar) saja, lebih aman. Bahkan sering tingkat asinnya itu tidak sama meski merek butter-nya sama.. ;-)

      Selain buter Anda juga bisa mencampurkan keju pada makanan Azmy, silahkan baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/pemberian-keju-untuk-bayi-boleh-tidak.html

  67. ummu azmy April 25, 2011 at 4:34 am #

    kok belum dibalas ya tips bayi :(

  68. ummu azmy April 19, 2011 at 7:02 am #

    sy mau ksih progress nih soal BAB anak sy, tepat sehari setelah sy stop buah2an dan sy beri ASI saja, anak sy hr ini sdh 3x BAB, dengan tekstur keras, kemudian setengah keras setengah lembek dan yg ketiga ini lembek tetapi wrnanya hijau tua sekali. kenapa ya ? apa sy boleh memberikan buah lagi ? atau mencoba bubur susu.. tlg dibalas semua pertanyaan saya yg diatas juga ya, trm ksh :)

  69. ummu azmy April 18, 2011 at 9:16 am #

    hai tips bayi.. sy udah lama baca2 tanya jawab di website ini, alhamdulillah sangat membantu sekali.. tp sy masih kurang sreg kl ngga nanya lgsg :)

    bayi sy sejak 5 bulan tgl 3 april kemaren sdh sy beri MPASI berupa biskuit farley yg saya encerkan dengan air matang biasa. sekali sehari. ( fyi : sy msh memberikan ASI utk bayi sy.) dan setelah 2 hari sy beri biskuit itu tidak ada masalah dengan BABnya. tp setelah sy konsul ke DSA sy kalau biskuit instan ga baik utk dikonsumsi bayi krn berpengawet dan khawatir menyebabkan anak ketagihan makanan instan nantinya, saya lgsg stop deh biskuitnya. saya akhirnya membuat biskuit sendiri dengan bahan dasar havermout (quaker oat biru, quick cook ) dan butter (orchid butter) . sebenarnya boleh ngga ya ?
    tp BABnya juga ga masalah.

    karna sy ingin mengenalkan rasa, sy campur biskuitnya dengan pisang, kadang perasan jeruk baby. sepertinya BABnya lgsg bermasalah. sy bngung yg salah biskuitnya atau buahnya, akhirnya sy stop biskuitnya, sy ksh pisang campur jeruk baby aja. BABnya masih keras. lalu saya ganti dengan buah pepaya california + jeruk baby, alpukat +jeruk baby, sampai sekarang BABnya juga sulit, tdk tuntas, keras dan kadang ada wrna merah di pupnya itu, dan sllu menangis ketika pup. apa itu darah ? tp sprtinya maaf anusnya ngga luka.. sudah 2 hr ini saya beralih ke alpukat + jeruk baby, tp tdk ada perubahan pd pupnya.. apa saya harus stop buah2annya ? atau sy coba memberikan bubur susu dulu ? atau ASI eksklusif aja ? mohon pencerahannya tips bayi… trims :)

    • tipsbayi April 26, 2011 at 2:57 am #

      @ ummu azmy,

      Mohon maaf baru dibalas nih.. ;-)

      Dokter Anda benar.. karena apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

      Anda bisa memulai dengan membuat makanan dengan menu yang tidak kalah dengan menu makanan instan. Untuk rasa gurihnya Anda bisa gunakan air kaldu daging atau ikan.. Untuk mencoba fariasi makanannya bisa Anda kunjungi:

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

      Baik juga Anda baca artikel berikut..

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      BAB keras..? Buatlah pola makan yang baik.. Perbanyak menu makanan yang mengandung serat. Anda bisa berikan jeruk baby atau jeruk medan manis, pepaya, untuk pisang biasanya ada yang bagus yang rasanya manis hati-hati kebanyakan pisang rasanya manis ada kesatnya inilah yang menyebabkan sedikit susah BAB..

      Pertahankan pemberian ASI, bagus ASI nya dijadikan susu campuran pada buburnya..

      Anda juga bisa mencoba membuat buburnya dari bahan dasar lain.. sepertinya tahapan bubur susu Anda lewati, berikan saja campuran ASI pada buburnya lebih banyak lagi dari biasanya.. ;-)

      BAB hijau masih normal tetapi tidak boleh terus-menerus muncul, berarti makanan atau sufor yang bayi Anda konsumsi mempunyai kandungan gula & laktosa tinggi tapi rendah lemak..

      Wajar apabila setelah bayi Anda mendapatkan MPASI, frekuensi BAB bayi Anda bertambah atau berbeda dengan sebelumnya. Pola BAB bayi belum tetap. Bisa sering atau jarang.. Seiring dengan bertambah usianya maka pola BAB bayi Anda akan terbentuk hingga jadwalnya akan terlihat.. Untuk frekuensi BAB, prinsip sederhananya “pengeluaran bagaimana pemasukan”

      Tetap pertahankan pemberian buahnya, tapi untuk sementara jika BAB ,asih keras jangan dulu Anda berikan pisang..

  70. Um baihaqi April 14, 2011 at 2:40 pm #

    anak saya laki2,tgl 20 nanti genap 6 bln.saya pehatihan kulit di area samping hidungnya mengkerut.seperti kering.knp ya? Mohon dibalas ke email saya keysa_gtlo@yahoo.com

    • tipsbayi April 25, 2011 at 4:44 am #

      @ Um baihaqi,

      Untuk kulit mengelupas, kering atau mengkerut ..tidak perlu khawatir dengan hal ini, karena biasa dialami oleh bayi.

      Yang perlu dilakukan Anda :

      1. Menjaga suhu ruangan bayi agar tidak terlalu dingin atau panas
      2. Hindari hembusan angin.
      3. Biarkan kulit kering tersebut mengelupas dengan sendirinya.

      Kulit kering ini biasanya akan membaik sendiri .. ;-)

      Beberapa orang tua akan kebingungan begitu mendapatkan kulit bayinya kemerahan, kering, mengelupas, dan berjerawat. Anda tentu tidak ingin mengalami nasib serupa dengan orang tua tersebut. Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah bayi anda mengalami masalah pada kulitnya yang lembut.

      Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang sangat sensitif. Sesuatu yang sebenarnya tidak mempunyai efek yang berarti pada kulit sensitif orang dewasa, pada kulit bayi bisa mempunyai efek yang besar. Lingkungan tempat bayi berada merupakan salah satu faktor penting dalam perawatan kulit bayi. Handuk, selimut, sprei, pakaian, merupakan bahan bahan yang selalu bersentuhan dengan kulit bayi kesayangan kita. Pastikan anda sudah mencuci semua bahan dan alat tersebut dengan sabun khusus hipoalergi yang dibuat khusus untuk bayi. Pilihlah pakaian bayi berbahan lembut dan longgar. Untuk menjaga kehangatan bayi, gunakanlah beberapa lapis pakaian dengan bahan yang lembut, jangan menggunakan bahan yang berbulu dan tebal.

      Saat mandi, gunakanlah sabun dan shampo yang dibuat khusus untuk bayi. Sabun dan shampo orang dewasa sangat tidak cocok untuk kulit bayi, meskipun sabun dan shampo tersebut diperuntukan bagi kulit sensitif. Memandikan bayi yang baru lahir tidak dianjurkan terlalu sering. Memandikan terlalu sering menyebabkan bayi rawan terkena hipotermi dan kulit bayi menjadi kering dan mengelupas.

      Ingat selalu untuk melindungi kulit bayi anda dari terik sinar matahari saat berjalan jalan di luar rumah. Walaupun sebenarnya mereka memerlukan udara yang segar dan cahaya matahari, ada baiknya anda menghindari cahaya matahari yang menyengat di siang dan sore hari. Pilihlah sinar matahari pada pagi hari karena terbukti pembentukan vitamin D pada tubuh sangat terbantu dengan adanya cahaya matahari pagi hari. Bila terpaksa mengajak bayi anda keluar rumah pada siang hari, lindungilah kulit mereka dengan pakaian yang memadai. Gunakan lotion pelindung matahari bila diperlukan dan gunakan yang memang aman untuk kulit bayi.. ;-)

  71. abu azzam March 31, 2011 at 3:05 am #

    Mohon diberikan pencerahan, alhamdulillah saat ini buah hati kami , Azzam memasuki usia 5 bulan 9 hari. Sudah +/- 5 hari terakhir ini Azzam BAB hampir setiap 3 jam, dari e’enya tsb. sepertinya tidak ada masalah, namun apakah kebiasan ini lazim pada bayi usia 5 bulan?, saat ini masih konsumsi ASI Ekslusif .Terima Kasih

    • tipsbayi April 8, 2011 at 2:32 am #

      @ abu azzam,

      Tidak mencret atau diare..? Tidak rewel..? Menyusu ASI nya masih kuat kan..? Kalau memang demikian sepertinya Anda jangan khawatir, Pola BAB bayi belum tetap. Bisa sering atau jarang.. Seiring dengan bertambah usianya maka pola BAB bayi Anda akan terbentuk hingga jadwalnya akan terlihat.. Untuk frekuensi BAB, prinsip sederhananya “pengeluaran bagaimana pemasukan” ;-)

      Pertahankan pemberian ASI.. ;-)

  72. ivan March 25, 2011 at 7:05 am #

    dear tips, salam kenal ! saya mau menanyakan, putri saya berumur 5 bulan skr, semenjak menginjak usia 4 bln anak saya sudah diberi mpasi, minggu pertama diberi mkn satu kali,minggu ke dua, dua kali pagi dan sore, kemudian minggu ke tiga,tiga kali dengan siangnya mkn cemilan.dan sekarang anak saya bab nya berwarna putih.apa itu berbahaya?mohon solusinya.terimakasih!

    • tipsbayi April 8, 2011 at 2:28 am #

      @ ivan,

      Salam kenal kembali..
      Adakah keluhan lain..? Seperti rewel atau demam..? Untuk lebih jelasnya kami sarankan Anda untuk memeriksakan bayi Anda ke DSA, agar mendapatkan pemeriksaan dan diagnosa yang tepat..

  73. yustia March 10, 2011 at 4:44 am #

    salam kenal,
    bayi laki2 saya (full ASI) besok 11 Maret 2011 genap 5 bln, BB 8,1kg TB 64 cm. Sampai sekarang blm bisa tengkurep, tapi kalau tangannya ditarik/diajak miring dia bisa mutar pinggang lalu tengkurep. Latihan seperti apa yang harus dilakukan agar dia segera bisa tengkurep sendiri? Sejak umur 4 bln senangnya digendong duduk menghadap ke depan atau didudukkan di pangkuan,beresiko ga sih? Trus lidahnya putih2 (sisa ASI?) bagaimana cara membersihkannya?
    Ditunggu jawabannya, makasih.

    • tipsbayi March 16, 2011 at 1:51 am #

      @ yustia,

      Untuk perkembangan kemampuannya Anda jangan khawatir, karena perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Faktor berat badan juga berpengaruh. BB bayi Anda termasuk agak besar.. ;-) Tapi perkembangannya sudah cukup baik..

      Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu ..

      Anda jangan khawatir.. Apabila sudah waktunya bayi Anda akan tengkurap juga, bahkan yakin deh tengkurap akan jadi posisi favorit bayi Anda.. ;-)

      Duduk di pangkuan tidak apa-apa asal badan bayi Anda sepenuhnya bersandar dan kemiringannya jangan sampai terlalu membebani pinggang bayi Anda..

      Bercak putih ini umumnya merupakan sisa-sisa susu. Untuk membersihkannya, gunakan potongan kasa steril yang sudah dibasahi air matang. Caranya, balut/bungkus jari telunjuk ibu dengan kasa tersebut lalu bersihkan rongga mulut bayi secara perlahan. Lakukan saat bayi selesai menyusu atau makan dan menjelang tidur malam.

      Selain sisa susu, bercak putih semacam itu bisa juga karena jamur. Jika ya, bercak tersebut tidak bisa dibersihkan dengan air, melainkan dengan obat seperti gentian violet.

  74. nina February 22, 2011 at 5:55 am #

    dear tips,
    bayi sy sering membengkokkan kepalax ke belakang sambil berkuat… ;(
    itu normal ga sih??????????
    thx b4 my tips ;)

    • tipsbayi March 4, 2011 at 7:07 am #

      @ nina,

      Bayi Anda melakukan posisi seperti itu terlihat senang atau kejang sakit? Apabila dia lakukan terlihat senang atau tidak ada keluhan sakit, Anda jangan khawatir normal saja.. Tapi jika terlihat kejang atau megerang kesakitan, sebaiknya Anda periksakan pada DSA..

  75. mamah iyah February 1, 2011 at 5:28 pm #

    hai tipbayi anak kami baru 4 bln tp sejak umur bayi kami 3 bln kami sudah kasih dia bubur nestle beras merah apa tidak apa2…???
    trus anak kami dr umur 4 bln tidak teungkurep dlu malah langsung duduk apa itu normal…????
    makasih tipsbayi.

    • tipsbayi February 8, 2011 at 4:18 am #

      @ mamah iyah,

      Sekarang sudah 4 bulan.. Alhamdulillah.. ya.. usia 3 bulannya sudah terlewat jadi gak apa-apa.. :-)

      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Bubur instan ya..? Sebaiknya bayi Anda diberikan MPASI buatan Anda sendiri. Apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

      Langsung duduk.. dengan sendirinya..? Kalau dengan sendirinya tidak apa-pa NORMAL kok.. hanya saja jangan sampai kita memaksanya, kita lihat kesiapan pinggangnya, apakah sudah kuat..

  76. Anggi January 29, 2011 at 1:57 pm #

    Dear tips,

    anakku chapa sekarang umrx dah 5 bulan…
    Tp knapa za brat badanx koq sulit bngt naik? Pdhal dah q ksih MPASI Tp ttp badanx g gemuk2 cma skitar 5kg…
    Pdahal dya minumx asi trus bubur q campur ma susu!
    Gmna za solusix??
    Oh ya dlu pas lg hamil q g doyan makan sama sekali mlai dri awal hamil ampek anakku lhir..
    Skitar 4 blan khamilan q kkurangan cairan so d opnam dah gtu hml 8 blan pndrahan n jark 2 mnggu stelahx anakku lahir..
    Apa itu pangruh jg ma prkembangan anak slanjutx?
    Plisss ksih solusix za tips biar anakku cpet nambah brt badanx!

    • tipsbayi February 7, 2011 at 3:43 am #

      @ Anggi,

      Ibu bapaknya kecil gak..? Makannya lahap..? Aktif..? ;-)

      Memang sepertinya Anda ketika hamil kurang nutrisi, sehingga ada pengaruh juga pada bayi Anda.

      BB Bayi Anda masih tergolong normal, karena masih di atas 70% BB normal untuk bayi Indonesia, meskipun terlihat kecil ya..? Anda jangan terlalu khawatir..

      Agar pertumbuhan tulang atau tinggi maupun beratnya tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP..

      Dan perencanaan pola makan dengan gizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.. Pertahankan ASI.. !

      Bayi Anda Insya Allah tidak akan mengalami masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa setiap bayi mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan, tidak akan sama kok.. ;-)

  77. mama rafka December 16, 2010 at 12:53 pm #

    allo tips.. mo tny ni.. babyQ dbibir n lidahnya ada kyk putih2nya kyk sariawan gtu, dilangit2 mulut jg ad.. gmn yc cara ngilanginya ? ap itu krn alergi mknan / sufor ? skrg babyq brumur 6 bln.. tolong yc tips jwab via emailQ jg..
    thanks bgt tips.. ditggu info scepatnya biar sikecil cpet smbuh…

    • tipsbayi December 26, 2010 at 2:33 pm #

      @ mama rafka,

      Sariawan pada bayi umumnya disebabkan oleh jamur..

      Sebetulnya sariawan bisa sembuh sendiri. Namun sariawan karena jamur harus diobati dengan obat anti-jamur. Biasanya memakan waktu penyembuhan sekitar seminggu.

      Maka apabila demikian, saat memberi makan sebaiknya Anda suapi dengan sendok secara perlahan-lahan. Usahakan memberi minum dengan gelas, jangan dengan botol. Hal ini untuk menghindari kontak langsung dengan sariawan agar tidak menimbulkan gesekan dan trauma. Berikan terus ASI..

      Makanan pun sebaiknya yang lembut atau cair. Prinsipnya, yang mudah ditelan dan suapi setelah makanan agak dingin agar tak menambah luka. Makanan yang banyak mengandung vitamin C dan B dapat mempercepat proses penyembuhan, misalnya buah-buahan dan sayuran hijau. Sedangkan kekurangan vitamin C bisa mempermudah timbulnya kembali sariawan..

      Semoga lekas sembuh.. ;-)

  78. lil December 15, 2010 at 12:05 pm #

    thx infox, q m ty ni, lo iris mata tidak bergerak secara bersamaan itu knp y? anakq berusia 5 bln. thx

    • tipsbayi December 26, 2010 at 2:25 pm #

      @ lil,

      Bergerak tidak bersamaannya sesekali saja kan..? Anda jangan khawatir, tidak apa-apa kok.. ;-)

  79. Esty December 15, 2010 at 3:10 am #

    Hai tips,
    Nanya ttg rambut my baby, Ihsan. 8 Des kemarin 6 bln dg bb 8,6 kg. rambutnya tuh tipis kemerahan. gimana perawatannya spy tumbuh lebih tebal n hitam.makasih

    • tipsbayi December 26, 2010 at 4:46 am #

      @ Esty,

      Sebenarnya Anda tak perlu khawatir jika rambut bayi Anda tipis, rontokatau bahkan botak. Selama bayi Anda sehat, tak ada masalah. Apalagi pada bayi, yang tumbuh adalah rambut sementara, bukan rambut permanen. Yang jelas, selama bayi Anda sehat, pertumbuhan rambut akan sesuai dengan faktor genetik. “Akan tetapi, faktor-faktor lain di luar faktor genetik juga bisa mempengaruhi tekstur rambut.” seperti sinar matahari dan kebersihan, termasuk biang keringat..

      Di sisi lain, jika ada bayi yang terlahir dengan rambut tebal, ini juga bukan jaminan rambut permanennya akan lebat. Bisa jadi tebalnya rambut ketika lahir merupakan pengaruh hormon Androgen dari sang ibu dan sifatnya sementara saja.

      Rambut tebal sebenarnya lebih ditentukan oleh faktor keturunan… ;-) Namun begitu, jika Anda masih ingin mencoba untuk “melebatkan” rambut bayi Anda, coba berikan minyak kemiri yang disangrai atau cairan lidah buaya ke kulit kepalanya. Perhatikan jika ada efek disebabkan alergi…

  80. Mami yumna December 9, 2010 at 10:13 pm #

    Dear tips, 3hri lagi yumna udh 6bln. Tp kmrn yumna pilek :’(,tp ga panas. Dia sering isap jempolx wkt mandi th,mgkn krn terminum air mentah itu yh.
    1. Apkh sebaikx Mpasi nya q tunda mpe pilekx sembuh ya,krn slm ini aq asi eksklusif n dia ga prnh pilek.
    2. Mpasi pertma kali mana yg lbih dulu BISKUIT yg diencerkn pke asi atau PURE pisang/wortel/kentang. Thanks

  81. mama rafka November 30, 2010 at 12:24 pm #

    alloo tips…
    bayiku usianya 5 bln.. pas kmrn2 Q coba kasih dia jeruk baby tp cm sdikit tp kok blm smp hbis dia udah g mau n smp muntah..apakah brati bayiku tdk suka jeruk y ? tlong donx dkrim resep2 mkanan bayi u/ usia mlai dr 5 bln ke emailQ..
    . trims yc tips…

    • tipsbayi December 6, 2010 at 7:00 am #

      @ mama rafka,

      Ya.. benar sepertinya bayi Anda perlu adatasi dengan rasa jeruk sebagai makanannya barunya. Anda bisa memberikan buah-buahan lain pada bayi Anda yang berumur 5 bulan yang rasanya manis dan seratnya lembut tidak kasar.., misal selain Anda berikan jeruk baby atau jeruk medan (yang manis) Anda juga bisa berikan apel, pepaya, pisang manis. Buah-buahan lainnya seperti melon, alpukat, semangka, pir, dan buah lainnya dapat diberikan mulai usia 6 bulan. namun hindari buah-buahan yang bergetah. Karena dapat menimbulkan diare seperti sawo, nenas, durian, mangga dan lainnya.

      Buah bisa diberikan dalam bentuk jus dan selanjutnya si buah hati bisa diperkenalkan ‘finger foods’ apabila sudah bisa memegang dan sudah mulai belajar mengunyah.. ;-)

      Untuk resepnya, silahkan saja Anda kunjungi link berikut.. ;-)

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

  82. rury November 27, 2010 at 2:43 pm #

    Tips, mau tanya……

    bayi ku baru 5 bulan, kalau liat orang makan pasti makannannya selalu mau di rebut,,,,,,,,yg mau aku tanya apa betul buah pisang tidak bagus untuk di berikan pada bayi yg baru awl2 di beri makan…?? ada yg bilang kalau buah pisang itu mengandung asam yg tidak baik untuk percernaan bayi….betul ga sih…????

    Thanks ya tips…….

  83. mami yumna November 24, 2010 at 5:12 am #

    dear tips bayi
    yumna ku udh 5,5 bln ni. udh boleh ya diperkenalkan dng finger food, kaya apel, melon, jeruk baby gtu yh. itu gdpotong2 kn bwt dgigit merangsang gusi nya kah?? ga lngsung buat dmakan kan tips?
    thanks

    • tipsbayi December 6, 2010 at 2:40 am #

      @ mami yumna,

      Anda bisa memberikan buah-buahan pada bayi Anda yang berumur 5 bulan yang rasanya manis dan seratnya lembut tidak kasar.., misal Anda bisa berikan jeruk baby atau jeruk medan (yang manis), apel, pepaya, pisang manis. Buah-buahan lainnya seperti melon, alpukat, semangka, pir, dan buah lainnya dapat diberikan mulai usia 6 bulan. namun hindari buah-buahan yang bergetah. Karena dapat menimbulkan diare seperti sawo, nenas, durian, mangga dan lainnya.
      Buah bisa diberikan dalam bentuk jus dan selanjutnya si buah hati bisa diperkenalkan ‘finger foods’ apabila sudah bisa memegang dan sudah mulai belajar mengunyah.. ;-)

  84. sherly November 7, 2010 at 3:09 pm #

    O ya ????u tanya lg untuk bayi usia 5 bln apa sdh bs diksh minum madu?

  85. sherly November 7, 2010 at 3:02 pm #

    Bayi sy usianya 5 bln, 3minggu ini sembelit hingga 4hr baru bab,bab nya keras dan susah stlh ke dokter diksh microlax dan susunya disuruh ganti dari s26 jadi isomilk tp stlh minum 4hr ttp msh sembelit dan bab nya jd kayak kapur dan kering jd sebaiknya gimana?trs ortu blg ksh mkn pisang yg diserut,amankah?bahkan ada yg blg diksh minum jus pepaya dan vitamin adelysin dan jg jeruk baby,sy jd bingung ,benarnya gimana?tlg dibantu.o ia bayi sy laki2 dan skrg beratnya 9.2kg.thx

    • tipsbayi December 6, 2010 at 1:25 am #

      @ sherly,

      Kami lebih setuju dengan jus pepaya, jeruk baby. Sebaiknya Anda jangan asal memberikan obat pencahar. Sebab, pencahar sebenarnya bukanlah obat sembelit, hanya untuk mengatasi sesaat saja. Penyebab bayi sembelit lah yang harus segera dilacak, agar tuntas menanggulanginya.. ;-)

      Buatlah pola makan yang baik.. Perbanyak menu makanan yang mengandung serat. Pilihlah menu dengan buah dan sayuran. Selama bayi Anda susah BAB, sebaiknya Anda ganti pisangnya dengan jus pepaya, jeruk baby atau air tomat.

      http://www.tipsbayi.com/resep-makanan-bayi-air-jeruk.html
      http://www.tipsbayi.com/resep-makanan-bayi-air-tomat.html

      Tidak cocok sufor juga bisa mengakibatkan susah BAB. Atau penyajiannya terlalu kental juga bisa jadi penyebabnya..

      Tidak cocok bahan dasar MPASI bisa menyebabkan BAB keras juga..

      Usaha lain yang bisa Anda lakukan apabila bayi Anda sembelit..
      * Berikan bayi Anda lebih banyak ASI atau Anda juga dapat memiberikan jus pepaya
      * Bantulah bayi Anda dengan melakukan olahraga kecil, dengan cara menekuk lutut bayi kearah perutnya secara lembut beberapa kali, yang akan membantu untuk mengeluarkan feses
      * Mandikan dengan air hangat.
      * Oleskan baby oil di daerah sekitar anus bayi.

      Untuk madu.. Memang ada pendapat bayi sebelum 1 th jangan dulu diberi madu tapi ada juga yang berpendapat bahwa bayi diatas 6 bl sudah boleh dikasih madu..

      Yang jelas, madu amat berkhasiat dan secara kimia tak ada bahaya maupun dampaknya. Hanya memang, ada bayi atau balita yang peka dengan madu, dalam arti tak cocok hingga berdampak seperti diare, kembung atau kolik setelah minum madu. Bila terjadi hal seperti itu, sebaiknya dihentikan pemberiannya dan lain kali dicoba lagi. Kendati sebetulnya amat jarang ditemui kasus demikian.

  86. steven November 5, 2010 at 1:01 am #

    apakh bayi saya umur lima bulan suda bisa di beri air putih + makan tambahan ……..
    kalu makan tambahan pertama untuk bayi ku …. sebaik nya makan apa yang bisa saya beri……. mohon info……………………… sebelum nya saya ucapkan terima kasih….

    • tipsbayi December 3, 2010 at 3:46 am #

      @ steven,

      Wah maaf agak telat ya.. Berarti sekarang sudah 6 bulan ya..? ;-)

      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Jadi sepertinya Anda bisa mencobanya pertama dengan bubur susu yang encer. Jika setiap kali Anda mencoba menyuapkan makanan kepada si kecil dan lidahnya
      terus mendorong makanan tersebut keluar, berarti dia belum siap diberi MPASI. Kalau begitu, jangan dipaksa… ;-)

      Anda bisa kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan.html

      Air putih.. Memang benar biasanya bayi suka sekali air putih, tetapi terlalu banyak air putih dapat menganggu keseimbangan cairan dalam tubuh bayi dan karena air putih lebih segar dirasakan bayi akibatnya asupan untuk bayi Anda akan berkurang, air putih tidak bergizi sehingga seringkali mengganggu kenaikan BB dan nafsu makannya… Susu (terutama ASI) merupakan cairan yang terbaik untuk tetap menjaga bayi terutama yang belum mendapat makanan padat dari ancaman dehidrasi..

      Bahkan untuk bayi dibawah 6 bulan jangan dberi minum air putih, meskipun nantinya anak Anda sudah 7 bulan ada baiknya bayi Anda jangan diberi terlalu banyak air putih dulu, cukup diberikan untuk mendorong makanan saja, perbanyaklah ASI atau sufor.. ;-)

  87. Arning Rani October 11, 2010 at 7:13 am #

    tips….nanya lagi yaaa…..hehehe….maaf ya nanyanya kebanyakan….

    untuk bayi 6 bulan boleh ga aku kasih pure2 sayuran + buah yg stlh dikukus cuma diblender aja,,ga disaring,,?? cuma pas dblender agak dikasih air banyak…..

    trus aku biasa ngasih susu ke anakku ganti2….misal: hari ini aku kasih bebelac, besok aku kasih NAN HA,,besoknya lagi aku kasih nutrilon royal,,kaya gitu tips…setiap hari ganti2…anaknya sih ga masalah,,dia oke2 aja,,ga mencret juga,,tapi itu bagus ga sih buat metabolisme tubuhnya dia kalo susunya ganti2??

    thanx lagi ya tips……….

    • tipsbayi October 15, 2010 at 2:41 am #

      @ Arning Rani,

      Pure seperti itu boleh saja.. Hendaknya secara bertahap tingkatkan kekentalan dan porsinya. Perlu juga menunya Anda fariasikan agar tidak cepat bosan.. ;-)

      Pada intinya apabila bayi Anda suka dan cocok dalam artian tidak ada efek negatif seperti susah BAB, mencret atau efek lainnya sih tidak masalah bergonta-ganti sufor.. Tapi hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun.. ;-)

  88. Arning Rani October 10, 2010 at 8:37 am #

    hai tipsbayi……

    aku punya pertanyaan lagi nih………
    anakku udah makan semenjak 2 minggu yang lalu, seminggu lagi dia 6 bulan…
    tapi sampai sekarang dia baru bisa menghabiskan paling banyak 1 sendok makan,,tadi aku bikinin pure kentang+wortel+keju dia cuma menghabiskan 1 sendok makan…wajar ga ya??

    thanx ya tipsbayi,,ditunggu jawabannya

    • tipsbayi October 11, 2010 at 1:44 am #

      @ Arning Rani,

      Untuk porsi perkenalan, wajar saja kok.. ;-)
      Kami sarankan untuk penyajian MPASI masa perkenalan bahan dasarnya jangan terlalu banyak, berikan campuran yang sederhana dulu.

      Baiklah, ada baiknya Anda mengetahui tahapan pengenalan MPASI:

      1. Mulai usia 6 bulan

      * Tekstur makanan : semi cair.
      * Mulailah dengan makanan lunak seperti biscuit yang diencerkan pakai air atau susu. Kenalkan pula bubur susu dalam jumlah sedikit demi sedikit. Bubur susu sebaiknya dibuat sendiri dari tepung beras yang dicampur dengan ASI atau susu formula. Untuk pengenalan rasa, selingi dengan tepung beras merah, kacang hijau, atau labu kuning.
      * Mulai pemberian sayuran yang dijus, kemudian buah yang dhaluskan atau di jus. Sayur dan buah yang disarankan yaitu: zicchini, pisang, pir, alpukat, jeruk.
      * Pemberian ASI atau susu formula di selang seling waktu makan utama.

      2. Mulai usia 7 bulan

      * Perkenalkan dengan tekstur yang lebih kasar (semi padat) yaitu bubur tim saring. Coba terus seandainya bayi menolak atau muntah karena tahapan ini harus dilaluinya.Jika tidak nanti bayi akan malas mengunyah.
      * Perhatikan asupan zat besi seperti hati sapi karena di usia ini cadangan zat besi bayi mulai berkurang.
      * Setelah secara bertahap pemberian tim saring, bayi bisa dikenalkan dengan nasi tim tanpa disaring.
      * Jenis sayur dan buah yang disarankan: asparagus, wortel, bayam, sawi, bit, lobak, kol, mangga, blewah, timun suri, peach.
      * Bisa juga ditambahkan ayam, sapi, hati ayam/sapi, tahu, tempe.

      3. Mulai usia 9 bulan

      * Mulai dikenalkan dengan bubur beras atau nasi lembek, lauk pauk dengan sayuran seperti sup.

      4. Pada usia lebih dari 1 tahun, anak sudah bisa mengkonsumsi makanan keluarga.

      Baca juga: http://www.tipsbayi.com/index.php/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan

      Untuk contoh menunya, Anda bisa melihat di:

      http://www.tipsbayi.com/index.php/category/makanan-bayi

      Selamat mencoba.. :-)

  89. tipsbayi October 6, 2010 at 4:04 am #

    @ Titi Wahyuni,

    Bagus sekali Anda masih memberikan Danis ASI eksklusif.. Anda jangan khawatir, Danis masih ceria tidak rewel.. Ini tanda Danis sehat-sehat saja..

    Berikan arahan yang rinci kepada orang rumah mengenai penyajian ASI untuk Danis. Perhatikan higienitasnya..

    Apabila botol susu sudah terdiam selama lebih dari 4 jam, dianjurkan untuk lebih baik lagi proses sterilisasinya.. ;-)

    Memang orang rumah tidak harus terlalu sering merebus botol apabila jarak pemakaiannya tidak terlalu jauh, cukup disiram air mendidih saja..

  90. Titi Wahyuni October 5, 2010 at 11:05 am #

    Dear Tips,

    Senang Sekali ketemu link ini,Saya Titi Ibunya Danis,babyku 5 bulan 5 hari,masih ASI Exklusif walau saya bekerja,tapi saya masih bisa berikan ASI Exklusif pada Danis,semalam Danis PUB jam 11-30 pertama biasa aja normal,yg kedua jam 12 malam Danis kentut tapi ada sedikit PUB air dan ada darahnya sedikit tidak bau sama sekali dan berlendir,pagi jam 7.30 saat saya mau berangkat ke kantor Danis PUB lagi,sama seperti yg jam 11.30 malam tadi,saya berangkat kantor dan berpesan pada yg asuh klo Danis PUB beritahu saya,dan Danis PUD 3 kali,berlendir dan tidak ada Darah,saya tanya ASI nya mau ngk,mau dan seperti biasa abis sekitar 500 CC,karena memang saya tinggalin sekitar 450-500 cc kadang lebih,Saya akan berikan MPASI pada saat Danis 6 bulan,kira2 Danis sakit apa ya?Kata yg ngasuh Danis tetep ceria seperti biasa dan pipisnya juga banyak,mohon bantuannya,terima kasih

  91. tipsbayi October 5, 2010 at 3:49 am #

    @ winda,

    Anda bisa berikan air putih tapi jangan terlalu banyak.. hanya untuk mendorong makanan saja..

    Air putih.. Memang benar biasanya bayi suka sekali air putih, tetapi terlalu banyak air putih dapat menganggu keseimbangan cairan dalam tubuh bayi. Susu (terutama ASI) merupakan cairan yang terbaik untuk tetap menjaga bayi terutama yang belum mendapat makanan padat dari ancaman dehidrasi..

    Bahkan untuk bayi dibawah 6 bulan jangan dberi minum air putih, meskipun nantinya anak Anda sudah 7 bulan ada baiknya bayi Anda jangan diberi terlalu banyak air putih dulu, cukup diberikan untuk mendorong makanan saja, perbanyaklah ASI atau sufor.. ;-)

    Tahapan pengenalan MPASI:

    1. Mulai usia 6 bulan

    * Tekstur makanan : semi cair.
    * Mulailah dengan makanan lunak seperti biscuit yang diencerkan pakai air atau susu. Kenalkan pula bubur susu dalam jumlah sedikit demi sedikit. Bubur susu sebaiknya dibuat sendiri dari tepung beras yang dicampur dengan ASI atau susu formula. Agar rasanya tidak jauh dengan rasa ASI maka campuran susunya untuk awal berikan agak banyak. Untuk pengenalan rasa, selingi dengan tepung beras merah, kacang hijau, atau labu kuning.
    * Mulai pemberian sayuran yang dijus, kemudian buah yang dhaluskan atau di jus. Sayur dan buah yang disarankan yaitu: zicchini, pisang, pir, alpukat, jeruk.
    * Pemberian ASI atau susu formula di selang seling waktu makan utama.

    2. Mulai usia 7 bulan

    * Perkenalkan dengan tekstur yang lebih kasar (semi padat) yaitu bubur tim saring. Coba terus seandainya bayi menolak atau muntah karena tahapan ini harus dilaluinya.Jika tidak nanti bayi akan malas mengunyah.
    * Perhatikan asupan zat besi seperti hati sapi karena di usia ini cadangan zat besi bayi mulai berkurang.
    * Setelah secara bertahap pemberian tim saring, bayi bisa dikenalkan dengan nasi tim tanpa disaring.
    * Jenis sayur dan buah yang disarankan: asparagus, wortel, bayam, sawi, bit, lobak, kol, mangga, blewah, timun suri, peach.
    * Bisa juga ditambahkan ayam, sapi, hati ayam/sapi, tahu, tempe.

    3. Mulai usia 9 bulan

    * Mulai dikenalkan dengan bubur beras atau nasi lembek, lauk pauk dengan sayuran seperti sup.

    4. Pada usia lebih dari 1 tahun, anak sudah bisa mengkonsumsi makanan keluarga.

    Baca juga: http://www.tipsbayi.com/index.php/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan

  92. tipsbayi October 5, 2010 at 3:31 am #

    @ Arning Rani,

    “Bubur susu yang rasanya gurih” itu yang instan ya..? Kalau ya.. Bagus bayi Anda tidak mau.. ;-)

    Bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, dan kalau sudah terbiasa nanti keenakan, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

    Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

    1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
    2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
    3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
    4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
    5. Mudah
    6. Hemat

    Bayi Anda terlihat mau muntah..? Bisa saja bayi Anda perlu waktu adaptasi. Maka sebaiknya apabila akan memberikan makanan baru pada bayi Anda sebaiknya rasa makanan barunya harus mendekati dengan makanan pokok sebelumnya yaitu rasa ASI. Jadi.. berikan campuran ASI atau sufornya agak banyak agar rasanya mirp-mirip.. ;-)

    Perkembangan kemampuan bayi Anda cukup bagus.. Dan benar perkembangan kemampuan dan pertumbuhan setiap bayi berbeda dan bersifat individual..

  93. tipsbayi October 5, 2010 at 3:09 am #

    @ Nauli Siregar,

    Mencret.. Itu wajar karena sistem pencernaan bayi dan pembentukan enzim pencernaan pun belum sempurna. Dan bayi Anda memang perlu waktu adaptasi dengan makanan barunya. Coba Anda ganti saja bahan dasarnya dengan bahan yang lain..

    1. Apabila bayi Anda sudah terbiasa dengan MPASI, atau bayi Anda sudah berusia 7 bulan, maka Anda sudah bisa memberikan MPASI yang lebih berfariasi lagi. Anda bisa memberikan menu degan sayuran.

    Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan 5 porsi kecil (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah.. ;-)

    Pemberian MPASI sebaiknya bertahap, jika bayi Anda 2 kali sudah terlihat cukup maka 2 kali saja dulu..

    Untuk contoh menunya, Anda bisa melihat di:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/category/makanan-bayi

    Selamat mencoba.. :-)

    2. Untuk mengetahui bagaimana cara menyajikan MPASI dengan praktis, silahkan klik link ini:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri

  94. winda October 1, 2010 at 2:54 am #

    anak saya berusia 5 bulan 1 minggu, cuma minum susu formula , rencananya mau saya beri bubur bayi (milna), yang mau saya tanya setelah makan bubur, minumnya air putih ato tetap susu?jadwal makannya gimana?saya masih bingung antara susu dan buburnya, berapa banyak susu dan berapa banyak buburnya?

  95. Arning Rani September 27, 2010 at 7:07 am #

    thanx tipsbayi for the info….
    kemarin aku coba kasih pure wortel ke anakku dicampur sama bubur susunya,,kayanya sih dia suka…tapi kenapa ya kalo aku kasih bubur susu yang rasanya gurih dia ga suka? begitu aku suapin dia langsung kaya mau muntah gitu?
    apa emang awalnya gitu ya?
    btw,,akhirnya anakku bisa tengkurep juga sekarang di umurnya yg 5 bulan 1 minggu..
    emang perkembangan dan pertumbuhan anak beda2 ya?

    thanx again for the info…

  96. Nauli Siregar September 23, 2010 at 3:55 pm #

    Dear Tips,
    saya setuju dengaan makanan yang dibuat sendiri, saya jadi semangat buat bubur susu sendiri. yang menjadi concern, baru seminggu belajar makan karena sudah BAB nya masih cair sempet juga 2 hari mencret, apakah itu karena saya tambahkan bubur bagi biskuit dengan pepaya dan pisang.
    1.Resep apa yang aman bagi pencernaan karena saya ingin anak saya rajin makan buah
    2. apakah aman membuat bubur susu untuk siang dan malam langsung lalu dimasukkan kulkas ? karena saya ingin mempersiapkan semuanya, yang dirumah tinggal kasih
    maaf merepotkan banyak nanya..

  97. tipsbayi September 22, 2010 at 2:23 am #

    @ Arning Rani,

    1,2. Boleh.. Untuk caranya, Anda bisa membaca artikel berikut:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri

    3. Untuk penyimpanan ASI atau sufor yang telah dilarutkan, penyimpanan dalam suhu ruangan suhu tidak lebih dari 25° Celsius ASI atau sufor akan bertahan selama 4-6 jam.

    Maka apabila susu sudah terdiam pada botol selama lebih dari 6 jam, dianjurkan untuk tidak diberikan pada bayi Anda dan botolnya lebih baik Anda ulangi lagi proses sterilisasinya..

    4. Untuk ukuran bayi yang sudah mendapat MPASI cukup.. Yaitu konsumsi susu sampai bayi berusia 6 bulan atau sebelum mendapat MPASI adalah sekitar 900 – 1.200 cc per hari. Setelah lebih dari 6 bulan kebutuhan susu semakin
    berkurang karena anak sudah mengenal makanan sehingga cukup diberikan
    300 – 400 cc per hari. Setelah lebih dari 2 tahun cukup sekitar 250cc ..

    Usahakan tambah 1 waktu lagi untuk makan buah di siang hari.. ;-)

  98. frrida September 21, 2010 at 2:06 pm #

    @ Arning Rani
    memang bayiku umur 2 bulan -3 bulan sering muntah,sewaktu dia mau minum susu ngedot setelah susunya habis lgsg muntah kadang keluar jg dr hidung, bayiku jg waktu mau minum susu kl sudah minta minum di kasih susu 90cc blm hbis da tidur mulutnya ngk ngisap dot lg, selalu gitu kl di kasih 60 cc lgsg tidur jg lama abisnya,…setelah di beri vitamin appeton dr dsa dia da ngk muntah lg dan kt dokternya penyebab muntah karna perutnya kembung,jalan 4 bulanan dia mulai malas minum susu setelah 5 jam baru mau ngedot, tapi mulai 5 bulan sampe skrg 5 jam pun dia tak merasa lapar, dia aktif keringatnya berlebih di jidat ,leher, apalagi kl tidur basah tu semua , kaki dingin n berkeringat jg ,.skrg dia muntah itupun karna di paksa minum n makan mungkin tersedak karna nangis batuk n muntah,…tapi kl dia tidur dia ngk sadar di masukin dot dia ngisap dot tu n susunya habis ,..
    saya da kunjungi 2 dokter dsa yg pertama malah ngk tau apa penyebabnya ia ngk mau minum di saranin sendokin aja ,sblm di saranin emang da di sendokin cuma kan kita pengen tau apa penyebabnya ,dsa yg ke 2 ktnya bisa jd karna lendir di tenggorokan n di kasih mucopect, dsa di kota saya cuma 3 n yg ke 3 saya blm kunjungi karna da malas pasti sama jg ……

  99. tipsbayi September 21, 2010 at 4:29 am #

    @ Nauli Siregar,

    Cobalah Anda ganti bahan dasar MPASI-nya, Baby Kayla sepertinya sudah siap dengan bubur susu kok.. Bagus sekali jika ASI sebagai campurannya buburnya.

    Sebenarnya lebih bagus apabila makanannya buatan Anda sendiri, karena apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

    Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

    1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
    2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
    3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
    4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
    5. Mudah
    6. Hemat

    Jangan khawatir masih mau makan, minum dan tidak rewel itu tanda sehat.. ;-)

  100. tipsbayi September 21, 2010 at 3:51 am #

    @ Arning Rani,

    Jangan terlalu banyak mencampur banyak jenis makanan pada awal pemberian MPASI, satu satu saja, dan berikan dala 2-4 hari untuk mengetahui reaksi bayi terhadap setiap makanan yang diberikan jika ada alergi. Perhatikan bahan makanan yang sering menjadi pemicu alergi yaitu telur, kacang, ikan, susu, gandum.

    Sebenarnya lebih bagus apabila makanannya buatan Anda sendiri, karena apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

    Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

    1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
    2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
    3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
    4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
    5. Mudah
    6. Hemat

  101. tipsbayi September 21, 2010 at 3:21 am #

    @ frrida,

    Kami setuju dengan jeani dan Arning Rani..
    Coba juga konsultasi kembali dengan Dokter Spesialis yang lain, utarakan keluhan bayi Anda dan Anda..

    Bisa juga dengan terapi uap, coba Anda konsultasikan cara ini kepada Dokter Spesialis Bayi Anda..

    Pertahankan pemberian susu (kalau bisa ASI) secara perlahan sedikit tapi sering. Setelah Anda memberikan susu, gendong dengan posisi berdiri sambil menepuk perlahan tengkuknya agar susu bisa masuk ke dalam lambung..

    Berikan makanan alternatif yang bayi Anda suka. Misalkan biskuit, puding atau kue basah. Berikan sedikit-sedikit..

    Semoga lekas sehat kembali..

  102. Arning Rani September 21, 2010 at 2:55 am #

    dear tips,,aku ada pertanyaan lagi nih……

    1. boleh tidak sayuran yg sdh dikukus dan diblender ditaro didlm kulkas? kalau boleh berapa lama batas waktunya? krn anakku udh mulai makan, aku mau tambahin sayuran di bubur susunya, tp krn sehari2 dia sama pengasuhnya jd aku mau siapin dulu semua bahan2 makanannya biar pengsuhnya tinggal nyampurin aja….
    2. untuk menghangatkan sayuran tadi boleh ga kalau hanya menggunakan warmer yg ada di pasaran? tdk dimasak lagi.
    3. umumnya berapa susu formula yg sudah diencerkan bisa disimpan?
    4. sekarang anakku baru makan 2 x bubur beras merah instan dan selama siang hari minum susu formula sebanyak 300 cc,,cukup tidak ya??
    rencananya saya mau coba ini selama seminggu dulu,,kalau dia sudah terbiasa makan, mau saya tambah lagi makannya jadi 3x (pagi, siang da sore)…

    trims ya tips…& sori pertanyaannya banyak…

  103. Nauli Siregar September 20, 2010 at 11:57 pm #

    Dear Tips bayi,
    Baby Kayla 10 hari lagi 6 bulan, saya sudah memperkenalkan MPASI berupa bubur dari biskuit bayi yang dicampur dengan buah seperti pepaya plus pisang, atau pepaya plus tomat. Tadinya lancar juga BAB nya bagus, tapi 2 hari ini BAB nya cair dan agak berbuih. Apa yang harus dilakukan ? apakah makanannya perlu berhenti ? Saya belum bawa ke dokter anak karena sampai saat ini Kayla tidak rewel dan masih mau makan.
    Dan kapan saya bisa memperkenalkan bubur susu ?

  104. frrida September 20, 2010 at 8:24 am #

    @ bu jeani….
    kalau jemur da sering tiap hari malah kl ngk mendung tapi tetap ya n dia ngk flu kl di lihat lobang hidungny ngk ada ingus bersih,cuma di tenggorokannya aja kadang suara parau ,….dokter da kasih mucopect tuk mengencerkan emang keluar tapi dikit , emang da berkuranglah tpi kok bayiku masih menolak ya minum

  105. Arning Rani September 20, 2010 at 8:16 am #

    dear tipsbayi…mau nanya lagi ya……..

    bayi ku -5 bln- udah mulai aku ksh makan (rekomendasi DSA-nya).
    yg mau aku tanyain,,seberapa lama kita mengenalkan satu rasa ke bayi?
    sekarang anakku makan bubur beras merah yg dijual di pasaran (instant), krn baru pengenalan makan jadi aku cuma kasih 2x sehari (pagi dan siang)….
    kapan ya aku bisa kenalin rasa lain ke anakku??
    thanx

  106. Arning Rani September 20, 2010 at 4:35 am #

    @ bu frrida…

    saya ikut sedih baca cerita ibu….
    bagaimana dgn berat badan anak ibu?
    mungkin ibu harus ganti DSA kali,,cari DSA yg enak untuk diajak diskusi…
    anak saya juga susah minum susu (ceritanya ada di atas) dan setelah saya ke dokter, dokternya bilang kemungkinan anak saya menderita REFLUX dimana makanan/minuman yg sudah masuk akan dimuntahkan lagi krn katup antara kerongkongan dan lambung blm sempurna, jika ini sering terjadi maka akan menyebabkan asam lambung ikut naik ke kerongkongan dan menyebabkan rasa panas di kerongkongan. Inilah yg menyebabkan bayi tdk mau minum/makan dan setelah minum/makan akan dimuntahkan lagi.
    Saran DSAnya, harus diberi makan padat dan minum susunya sedikit2 tapi sering.
    Coba deh bu frrida browsing di internet tentang reflux pada bayi,,banyak sekali informasi yg saya dapat dari internet ttg reflux.
    Semoga tulisan saya membantu ya bu frrida……..
    Good luck n semoga anak ibu tetap sehat….

  107. jeani September 20, 2010 at 3:05 am #

    @ bu frida…
    coba deh bun bayinya dijemur pagi skitar jam 6.30 sampe jam delapanan gitu…
    katanya kalo dijemur lendir bayinya bisa mencair dan keluar….
    kalo pengalaman saya , bayi nya dijemur, dimandikan dan hidung bayi dihisap(tuk keluarin lendir). sebaiknya dgn cara tradisional aja, tapi kalo ga pake alat yg banyak dijual di supermaket. semoga lendir bayi nya cepat hilang ya bun n bayinya sehat… :)

  108. frrida September 18, 2010 at 10:38 am #

    bayi saya bukan umur 5 bulan ngk mau minum susu ,tetapi mulai umur jalan 4 bulan sampe skrg umur 8 bulan,belum menunjukkan perubahan sudah di bawa ke dokter ,aku sampe pusing memikirkannya mulai mpasi tetap jg menolak makan ,minum air putih ,berjam2 tidak merasa lapar terpaksa di sendokin dengan tangisan ujungnya muntah ibu mana yang ngk stress melihat bayinya seperti itu, mo berobat ke luar negeri ngk ada uang ,ke dokter lokal cuek banget lgsg kasih resep , datang lg kasih lg resep tak jg ada perubahan ,..berapa kali datang kali 50 rb ,…kt dokternya karna lendir banyak jd susah nelan makanya ngk mau minum n makan, berapa kali ke dokter kasih obat dahaknya ngk bs jg keluar,dokternya ngk kasih alternatif lain utk mengeluarkan dahak yg dia tau hanya obat,,..kepalaku mo pecah liat cara kerja dokter di indonesia ini,…pusingggggggggggggggggggg

  109. tipsbayi September 18, 2010 at 2:27 am #

    @ Arning Rani,

    Cama-cama.. ;-)
    Tetaplah Anda di sini.. Anda tidak sendiri kok..

  110. Arning Rani September 17, 2010 at 4:03 am #

    Setelah saya baca semua pertanyaan di tipsbayi ini ternyata banyak sekali ya keluhan tentang bayi umur 5 bulan seperti teriak2, rewel dan tiba2 tdk mau minum susu. Itu juga yg terjadi dgn bayi saya. Sebelumnya saya takut sekali krn susu kan msh sangat essential untuk bayi di bawah umur 1 tahun tp setelah baca tipsbayi saya lbh tenang krn tidk merasa sendirian. Ternyata banyak jg ibu2 yg mengalami masalah yg sama dengan saya.
    Thanx a lot utk tipsbayi…banyak sekali memberi informasi yg bagus utk ibu baru seperti saya…

  111. tipsbayi September 17, 2010 at 2:09 am #

    @ Arning Rani,

    Anda jangan khawatir, perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual. Itu WAJAR kok.. Apabila sudah waktunya bayi Anda akan tengkurap juga, bahkan yakin deh tengkurap akan jadi posisi favorit bayi Anda.. ;-)

    Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

  112. Arning Rani September 16, 2010 at 5:16 am #

    dear tipsbayi,
    sori nih mau nanya lagi….
    anakku kan umurnya udah 5 bulan, nah sampai sekarang dia belum bisa tengkurep sendiri…tapi kalau ditengkurepkan kepalanya sudah kuat. Sekarang dia baru bisa telentang sendiri kalau ditengkurepkan. Apakah itu wajar?
    Thanx yaaa….

  113. tipsbayi September 16, 2010 at 2:12 am #

    @ Arning Rani,

    Memang benar, bayi diatas usia 6 bulan atau apabila bayi sudah mendapatkan MPASI, maka frekuensi minum susu terutama di waktu tidur malam umumnya berkurang seiring dengan sudah diberikannya makanan pendamping seperti bubur susu, sari buah yang membuat lambung si kecil lebih berasa terisi. Itu wajar, begitu juga ditahun-tahun selanjutnya.

    Untuk mengatasi agar bayi Anda bisa minum dengan dot lagi.. Anda harus pilihkan dot yang cocok dengan bayi Anda..

    Saat ini ada dua bahan dot yang banyak dijual di pasaran, yaitu silikon dan lateks (karet). Silikon umumnya berwarna putih sementara lateks kuning. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Dot karet lebih lentur dan lembut tapi umumnya mudah rusak. Dot karet juga mudah berjamur dan menimbulkan bau. Sebaliknya, silikon kurang lembek tapi awet dan tahan lama.
    Untuk memilih dot dari bahan yang mana, kenali dulu reflek isap si kecil. Bila kemampuan mengisapnya cukup kuat, dot silikon bisa menjadi pilihan. Sebaliknya, jika reflek isapnya lemah, pilihlah dot karet. Yang pasti, jangan pilih dot dari bahan yang tidak fleksibel dan mudah rusak.. ;-)

  114. Arning Rani September 15, 2010 at 8:40 am #

    Dear tips,
    Bayi saya sekarang umur 5 bulan, sejak dia umur 4 bulan sudah saya coba berikan MPASI berupa bubur susu instan dan dia sangat suka sekali makan bubur susu. Tetapi sekitar 2 minggu yg lalu dia mulai susah untuk minum sufor,,saya pikir dia bosan dengan sufor yg biasa saya berikan sehingga saya berikan dia jenis sufor lain tapi dia tetap tdk mau… Setelah saya perhatikan ternyata dia bukannya tidak suka dgn susunya krn kalau saya sendoki dia mau meminum semua jenis susu yg saya berikan,,ternyata dia tidak suka dgn dotnya…boleh minta saran supaya bayi saya mau minum susu dari dot lagi?
    dan apakah pemberian MPASI membuat bayi tidak mau minum susu lagi?
    terima kasih atas saran yg diberikan…

  115. tipsbayi September 9, 2010 at 9:53 am #

    @ uminya arfan,

    Rata-rata usia 5-6 bulan dia sudah bisa duduk, baik masih harus ditopang, maupun duduk tegak bagi sebagian bayi. Namun perlu diingat, perkembangan setiap bayi tidak sama. Jika Anda memiliki 3 anak misalnya, maka bisa dipastikan perkembangan ketiganya pun tidak akan persis sama… :)

    Jadi, asal pola makannya baik (cukup dan seimbang), tidak perlu diberi vitamin kok…
    Silahkan baca: http://www.tipsbayi.com/index.php/vitamin-dan-mineral-untuk-bayi

  116. uminya arfan September 7, 2010 at 4:18 am #

    dear tips…..

    krn minggu depan anak saya mau 6 bln…saya mau tny..kapan ya bayi bisa duduk…..perlu gak ya di beri vitamin ??

  117. tipsbayi August 31, 2010 at 11:47 pm #

    @ jeani,

    Wah, MPASI sebaiknya dikenalkan sejak usia bayi 6 bulan Bu… Alasannya adalah sistem pencernaan bayi yang belum kuat menerimanya. Jadi, kami sarankan untuk menunda dulu deh pemberian tim saringnya. Mungkin artikel berikut bisa membantu:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan

    Untuk melihat bahan-bahan untuk tim saring, Anda bisa mengunjungi: http://www.tipsbayi.com/?s=tim+saring

  118. tipsbayi August 31, 2010 at 11:43 pm #

    @ Bunda Ridwan,

    Yang jelas, setiap makanan siap saji yang ingin Anda berikan kepada si kecil harus Anda periksa dulu kandungan di dalamnya. Jika mengandung susu sapi, berarti jangan diberikan. Untuk Milna, setahu kami ada yang khusus untuk bayi alergi.

    Silahkan juga tanayakan ke dokter anak Anda, jenis makanan apa yang tidak boleh diberikan kepada si kecil.

  119. tipsbayi August 31, 2010 at 11:34 pm #

    @ lia,

    Biasanya pada usia 4 bulan dia sudah bisa berguling. Tapi memang perkembangan setiap bayi kan tidak sama. Untuk melatihnya, coba berbagai tips berikut…

    Letakkan bayi pada posisi telungkup. Gerakkan sebuah mainan berwarna cerah atau buat suara-suara gembira di depan bayi sehingga ia akan belajar mengangkat kepalanya. Secara berangsur-angsur ia akan menggunakan kedua lengannya untuk mengangkat kepala dan dadanya.

    Letakkan mainan berwarna cerah di dekat bayi agar ia dapat melihat dan tertarik pada mainan tersebut. Kemudian pindahkan benda tersebut ke sisi lain dengan perlahan. Awalnya bayi perlu dibantu dengan cara menyilangkan paha bayi agar badannya ikut miring sehingga memudahkan bayi berguling. Ketika ia berguling, senyum dan tunjukkan rasa kasih sayang. Jaga bayi agar tidak jatuh dari tempat tidur, meja atau dari ketinggian lainnya.

    Untuk MPASI, sebaiknya tetap diberikan setelah ia berusia 6 bulan, karena sistem pencernaannya belum kuat…

  120. jeani August 26, 2010 at 4:05 am #

    dear tips bayi,
    bayi saya skarang berumur 5 bulan 1 hari :)
    kalo diliat dari artikel diatas, bayi saya dah ngelakuin hal tersebut diatas sejak usia 4 bulan dan saya dah kasih MPASI, sekarang kalo saya perhatikan bayi saya mulai bosan dengan bubur susu nya, apalagi yg pake sayur. kalo yg pake buah2an dia masih suka. rencananya saya mau kasih dia tim saring, boleh ga ya? kan hampir sama dgn bubur susu, bedanya bubur susu dengan tepung +susu+ sayur/buah, kalo tim saring beras/nasi+ayam/daging/ikan+sayur mayur. apa tim saring juga harus pake susu? bisakah buah2an dicampurkan kedalam tim saringnya? terima kasih

  121. mia August 25, 2010 at 8:43 am #

    hi aku baru add infonya bagus kebetulan anaku baru 5 bulan umurnya pas banget aku baca -baca komen tanya jawab aku jadi paham trims ya

  122. Bunda ridwan August 25, 2010 at 7:36 am #

    Dear tips,
    anak saya 5bln 10hr dan alergi susu sapi.sementara ini saya buatkan bubur tpg beras sendiri.seandainya saya selingi sama bubur instan bisa gak?kalau camilannya saya beri milna biskuit bisa gak?saya takut kalau grok2 lg.trima kasih jawabannya

  123. Bunda ridwan August 25, 2010 at 7:31 am #

    Dear tips,
    anak saya 5bln 10hr dan alergi susu sapi.sementara ini saya buatkan bubur tpg beras sendiri.seandainya saya selingi sama bubur instan bisa gak?kalau camilannya saya beri milna biskuit bisa gak?trima kasih jawabannya

  124. lia August 25, 2010 at 6:20 am #

    lam kenal yahh

    anak saya Abib, tgl. 25 agustus ini genap 4 bulan, dengan BB = 9 kilo, PB = 69 cm, normal gak yah, krn saya sama suami juga terbilang emank keturunan tinggi2. dr umur 2,5 bulan abib udah mulai tengkurep, umur 3 bulan udah lancar dan kepalanya udah tegak, tp kyanya susah bgt balik badannya buat guling2, ditengkurepin malah maju2 kya merayap… gimana yah stimulai biar abib guling2 dulu…

    terus abib kyanya udah seneng bgt liat org makan pasti mulutnya udah ngecap2 kaya ikutan makan, rencananya sih bulan ini saya mau kasih coba perasan air buah jeruk baby… boleh gak yah

  125. tipsbayi August 25, 2010 at 6:11 am #

    @ bunda haikal,

    Sebagai pertimbangan…

    Diare osmotik terjadi karena ada makanan padat atau dengan osmolaritas tinggi (susu terlalu kental), sehingga menarik cairan dari dinding usus keluar kedalam lumen/rongga usus.

    Diare osmotik biasanya ditandai dengan berak nyemprot, buih, berbau asam.

    Untuk mencret yang disebabkan oleh infeksi bakteri (E.coli, Cholera, Salmonela/shigella, dll) biasanya disertai dengan gejala spesifik.

    Gejala tersebut :

    1. Terjadinya demam (demam biasanya sebelum atau bersamaan dengan terjadinya diare. Demam yang terjadi setelah beberapa hari diare biasanya disebabkan oleh dehidrasi)

    2. Adanya lendir : Adanya lendir dalam darah biasanya menandakan adanya kerusakan villi (jonjot usus) pada mukosa/dinding dalam usus.

    3. Adanya darah : Adanya darah biasanya menandakan adanya perlukaan pada dinding usus sehingga menyebabkan terjadinya robekan pembuluh darah usus.

    4. Adanya nyeri perut tajam : Nyeri perut melilit diakibatkan oleh terjadinya spasme usus karena adanya perlukaan pada dinding usus. Biasanya bayi rewel terutama saat keluar berak.

    Nah kalau ada gejala 1,2,3,4 dijumpai secara bersamaan biasanya disebut diare disenteri-form. Tetapi kalau hanya ada demam dan lendir saja biasanya choleri-form, diare choleri-form ini biasanya ditandai dengan terjadinya dehidrasi yang cukup berat.

    Satu catatan penting, susu yang terlalu kental membuat usus bayi sulit mencerna, sehingga sebelum dicerna, susu akan dikeluarkan kembali lewat anus. Tak heran jika anak lantas sering mengalami mencret. Meski tidak membahayakan, mencret bisa menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan.

    Jangan memberikan Norit Bu, tapi lebih baik periksakan kembali ke dokter…

  126. bunda haikal August 24, 2010 at 5:43 pm #

    tolong segera kasih advice donk. haikal sekarang 5 bulan. sudah seminggu selalu mencret dalam sehari sampai 5 kali. tapi suhu tubuhnya normal, minum susunya lahap, juga mau minum air putih. sudah saya periksakan ke dokter, dokter hanya memberi obat lacto_b dengan dosis setengah bungkus 2 kali sehari. tapi mencretnya masih terus berlangsung sampai sekarang. saya mau coba kasih norit setengah. amankah? thx sarannya

  127. tipsbayi August 24, 2010 at 6:50 am #

    @ nita,

    Selamat nimbrung lagi :)
    Tapi, alamat emailnya mana ya?

    Ya sudah, jangan diberikan di sini, kami tunggu email Anda di alamat email kami ya…
    kontak [at] tipsbayi.com

  128. nita August 23, 2010 at 7:07 am #

    haloo tipsbayi

    Dah lama gak ikut nimbrung. Begini tipsbayi anak aku tgl 29 bln ini masuk usia 9 bulan.
    Sebenarnya sih gak ada masalah apa2 cuma aku lagi bingung.
    1. Tolong dong kasih aku resep / cara buat CAMILAN UNTUK BAYI 9 BULAN? Selama ini sich udah aku kasih cemilan buah, biskuit tp klo itu2 terus kan lama2 bs bosan.
    kirim ke E-mail dong…….aku tunggu yaaaaa……..tipsbayi

    Thanks ya…….

  129. tipsbayi August 23, 2010 at 3:38 am #

    @ Epik,

    TIDAK dianjurkan memberikan MPASI sebelum bayi berusia 6 bulan. Alasannya adalah karena bayi pada masa tersebut belum kuat sistem pencernaannya. Oleh sebab itu, Anda harusnya merasa kasihan terhadap buah hati Anda jika memberikan MPASI sebelum waktunya…

    Kami pun menyarankan agar Anda mengikuti saran dan rekomendasi praktisi medis Anda. Tanyakan pula kepada dokter Anda mengenai bepergian dengan pesawat sedangkan kondisi si kecil seperti itu, karena kami tidak tahu persis bagaimana kondisinya…

  130. Epik August 22, 2010 at 4:33 am #

    Dear Tips,bayi saya umurnya 5bulan,BB 8,2kg,TB 64cm,LK 42 cm.saat ini sudah saya berikan MPASI tapi dalam porsi yg sedikit.Sukurnya bayi saya tidak ada keluhan seperti sembelit atau yg lainnya.Saya berikan bubur biskuit+ASI,dan juga pure kentang,pisang dan pepaya.Apakah pemberian MPASI sebelum 6bln berbahaya dan berpengaruh terhadap BB nya?saat ini bayi saya sedang pilek dan batuk tapi tidak disertai demam.Oleh DSA saya diberi obat serbuk yg bs membuat muntah untuk mengeluarkan lendirnya dan juga obat tetes hidung.Disarankan jika tidak ada perubahan untuk melakukan Fisiotherapy.Apakah hal tsb aman untuk bayi saya?dan apakah berbahaya melakukan penerbangan dengan bayi dengan kondisi demikian karena libur lebaran ini kami berencana untuk pulang.Trims atas infonya

  131. tipsbayi August 19, 2010 at 2:57 am #

    @ sylvie,

    Sepertinya yang ada di poin “Bentuklah rutinitas sebelum tidur” bisa terus di biasakan.

    Untuk Bayi Usia 6-7 bulan:

    06.00 : ASI/ susu formula.

    08.00 : biskuit yang diencerkan dengan air/ASI/susu formula.

    10.00 : buah.

    12.00 : bubur susu.

    13.00 : ASI/ susu formula.

    14.00 : biskuit yang diencerkan dengan air/ ASI/ susu formula.

    16.00 : ASI/ susu formula.

    18.00: Bubur susu.

    19.00 : ASI/susu formula.

  132. sylvie August 17, 2010 at 1:50 pm #

    dear tips bayi..

    tambahan buat malika, berapa kali sehari sebenarnya anak umur 6 bulan makan?dan berapa banyak?
    karena mulai berapa minggu sempat dibuatin bubur beras ama ortu, alhasil jadwal BB malah ga teratur and feces nya keras banget, sampe2 setiap mau buang air besar nangis..
    sekarang baru mulai ngasi pure,yg sebelumnya ortu ngotot ngasi bubur..
    trims banyak atas infonya..

    thanks

  133. sylvie August 17, 2010 at 1:44 pm #

    dear tips bayi…

    thanks infonya… soal tangan dan kakinya malika yang dingin itu sih emang dia masih aktif banget.. gak bisa diem.. tapi itu krn dia gak tidur2.. jam 10 malem aja masih ngomel2.. padahl ak udah buat rutinitas sblm tidur.. biasanya badannya masih hangat… kaki dan tangannya juga.. tapi begitu dia susah tidur.. langsung deh badannya semua dingin…
    gimana donk caranya supaya malika tidur sendiri tanpa di tepuk2 atau dibelai, dll.?? soalnya malika selalu tidur sambil netek.. neteknya pun ak sambil tiduran juga..

    tolong infonya ya..
    thanks

  134. tipsbayi August 17, 2010 at 4:40 am #

    @ Nauli Siregar,

    Jangan Bu, sebaiknya tetap tunggu hingga ia berusia 6 bulan. Kasihan pencernaannya, belum kuat…

    @ dyan ayu,

    Memang rata-rata BB bayi seusianya sekitar 6,3 kg. Namun, obesitas pada anak diklasifikasikan berdasarkan hasil pengukuran berat badan dibandingkan panjang badannya. Dikatakan obesitas ringan bila perbandingan berat terhadap panjang badan antara 120-135%, sedangkan disebut obesitas berat bila perbandingan berat terhadap panjang badannya antara 150-200%.

    Mengenai warna feses, silahkan baca:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/bayi-sembelit-susah-buang-air-besar-pada-bayi#comment-5769

  135. tipsbayi August 17, 2010 at 4:36 am #

    @ sylvia,

    Memang jadwal makan bayi tidak harus sama persis antara bayi yang 1 dengan yang lain. Namun sebagai masukan, mungkin Anda bisa mengatur jadwal tidurnya.

    Saat ini Anda seharusnya tidak lagi terbangun malam hari setiap 2 – 3 am. Ketika mencapai usia 3 atau 4 bulan, kebanyakan bayi tidur 15 jam sehari. 10 jam di malam hari dan sisanya terbagi atas 3 waktu tidur di siang hari (jumlah ini akan berkurang hingga 2 kali waktu tidur ketika si kecil berusia 1 tahun). Anda masih sekali atau dua kali terbangun pada malam hari untuk menyusui pada tahapan awal usia ini, tetapi ketika si kecil berusia 6 bulan, secara fisik ia sudah mampu tidur sepanjang malam. Bagaimana si kecil tidur sangat tergantung pada apa yang dipelajarinya tentang tidur dan polanya pada usia sebelumnya.

    Namun belum terlambat, Anda dapat melatihnya membentuk pola tidur yang baik pada usia ini, dengan cara:

    o Menetapkan waktu tidur malam dan siang

    Ketika si kercil masih bayi baru, Anda menandai waktu tidurnya dengan memperhatikan tanda-tanda mengantuk yang ia tunjukkan (menggesek mata, menarik telinga, dll). Di usia yang sudah lebih besar ini, Anda sebaiknya mulai menentukan waktu tidur malam dan siangnya pada jam yang sama, sebagai pembentuk pola tidurnya. Jam tidur yang baik bagi bayi adalah antara 19.00 – 20.30; lebih larut dari waktu tersebut, biasanya si kecil akan kelelahan, dan sulit tidur.

    Bayi mungkin saja tidak terlihat lelah saat larut malam – sebaliknya bayi akan terlihat energik. Tetapi percayalah: Ada tanda-tanda tertentu yang akan diperlihatkannya jika ia melewati jam tidurnya. Anda juga dapat menentukan waktu tidur siangnya sama seperti menentukan waktu tidur malam.

    o Bentuklah rutinitas sebelum tidur

    Jika hal ini belum Anda lakukan sebelumnya, inilah saat yang tepat untuk memulai rutinitas sebelum tidur (biasanya malam hari). Misalnya, membersihkan badan bayi, menggantik pakaiannya, membaringkannya di tempat tidur, membacakan cerita pengantar tidur, memberikan ciuman selamat tidur. Rutinitas yang dilakukan dengan urutan yang sama setiap malam, akan membentuk kebiasaan dan konsistensi pada anak.

    o Bangunkan si kecil pagi hari

    Jika bayi Anda cenderung tidur lebih dari 10 – 12 jam setiap malam, bangunkan ia pada pagi hari, agar jam biologisnya kembali normal. Bayi perlu mengikuti pola tidur-bangun yang regular dan mengumpulkan tenaganya saat tidur siang. Bangunkan ia setiap pagi pada jam yang sama, dengan cara ini, Anda membuat ia beristirahat setiap siang pada waktu yang sama.

    Kesulitan yang mungkin muncul

    Ketika si kecil masih bayi baru, bangun tengah malam dan pola tidur negatif – tergantung pada belaian, tepukan – adalah masalah tidur yang dihadapi. Tetapi ketika mencapai usia 3 – 6 bulan, bayi dihadapkan pada kesulitan tertidur.

    Jika bayi Anda sulit jatuh tertidur pada malam hari, pastikan ia tidak tidur terlalu malam. Jika bukan ini masalahnya, maka mungkin saja si kecil mengembangkan pola tidur negatif. Saat ini bayi harus belajar tidur sendiri, tidak karena ia ditepuk-tepuk, dibelai, atau dibiarkan menghisap dot.

    Menyusu pada malam hari

    Tujuan yang dikembangkan pada usia ini adalah mulai menegaskan waktu tidur. Dengan cara ini, ketika si kecil terbangun pada malam hari, ia tidak akan mencari ASI untuk membuatnya kembali tertidur.

    Jodi Mindell: Hapus kebiasaan menyusu pada waktu tidur, agar bayi tidak mengasosiasikan menyusu dengan waktu tidur. Selama menyusu tidak dihubungkan si kecil dengan waktu tidur, Anda dengan baik bisa memastikan bahwa saat si kecil terbangun di tengah malam, benar-benar hanya karena ia lapar. Bukan karena membutuhkan sekadar penenangan untuk kembali tertidur. Langkah lain yang dapat dilakukan adalah membangunkan si kecil dan menyusuinya sebelum Anda berangkat tidur.

    Mengenai tangan dan kakinya yang dingin dan berkeringat, secara umum jika Malika terlihat aktif, biasanya tidak ada gangguan kesehatan yang perlu dikhawatirkan. Yang perlu diwaspadai adalah jika Malika selalu tampak lemah dan lesu. Namun demikian jika Anda ingin mengetahui lebih dalam, sebaiknya konsultasikan saja dengan DSA…

  136. dyan ayu August 17, 2010 at 3:00 am #

    bayi saya berumur 4 bln dgn berat 7,5 kg,apakah obesitas? kl iya apa yg hrs saya lakukan? feses anak saya berwah warna hijau,knp? dia sudah ditambah sufor sejak lahir dgn perbandingan 80% asi 20% sufor apa hal tersebut mempengaruhi,kl iya bgm mengatasinya?

  137. Nauli Siregar August 14, 2010 at 2:52 am #

    Dear tips bayi,
    Kalau sudah 5 bulan MPASI bisa diperkenalkan bertahap ?

  138. sylvia August 11, 2010 at 7:59 am #

    dear tips bayi..

    malika sekarang udah 5 bulan 2 minggu.. katanya bayi itu harus dijadwal makan and pemberian susunya.. tapi si malika ni tidurnya masih gak jelas.. suka2nya dia tidur.. padahal udah aku langsung tidurin begitu dia ngantuk… ( ngucek2 mata terus)
    ya dia merem2 gitu tapi gak tidur2.. gemes aku kadang2.. sampe aku ketiduran duluan kadang2… jadi itu deh,. gak bisa bikin jadwal.. karena dia bangun tidurnya gak jelas.. emng harua pake jadwal ya,..? apa ada kesulitan tertentu nantinya kalo gak pke jadwal..?

    satu lagi.. tangan and kakinya malika suka dingin gitu… hanya bagian tangan and kakinya saja.. dan berkeringat juga.. ampe basah gitu kalo pegang mainan..
    aku kuatir.. ada hubungannya ama paru2 basah gak ya..? karena aku gosokin kakinya pake minyak kayu putih, semakin digosok semakin keluar air gitu..
    jadi harus di lap.. kan takut kalo kakinya lembab ntar bisa jadi penyakit katanya..
    kenapa sih kaki and tangannya basah gitu..? mohon infonya..

    trims berat..

  139. tipsbayi August 11, 2010 at 6:08 am #

    @ Nauli,

    Untuk bayi yang belum berusai 6 bulan, WHO menganjurkan agar jangan diberi MPASI dulu, baik dia menerima ASI Eksklusif, kombinasi ASI + Sufor, maupun Sufor saja.

    Apa alasannya? Pencernaan bayi.

    Pencernaan bayi di bawah 6 bulan dinilai belum mampu untuk mencerna MPASI dengan baik, sehingga walaupun dampaknya pada sebagian bayi tidak langsung terlihat, namun untuk jangka panjang, dikhawatirkan bayi Anda akan mengalami gangguan pencernaan.

    Sabar saja ya sampai usianya 6 bulan, ini kan untuk kebaikan bayi Anda juga…

  140. tipsbayi August 9, 2010 at 6:02 am #

    @ elin,

    Untuk kebutuhan susu/cairan dihitung dari kebutuhan cairan per usia dan berat badan bayi. Kebutuhan cairan pada usia bayi trimester pertama sekitar 150cc/hari/berat badan.Trimester kedua sebesar 125cc/kg BB/hr dan trimester ketiga 110 cc/kg BB/hr. Contoh usia 12 bulan bb 10 kg, kebutuhan cairan sebesar 110 cc x 10 kg = 1.100 cc

    @ unie,

    Tahapan pengenalan MPASI:

    1. Mulai usia 6 bulan

    * Tekstur makanan : semi cair.
    * Mulailah dengan makanan lunak seperti biscuit yang diencerkan pakai air atau susu. Kenalkan pula bubur susu dalam jumlah sedikit demi sedikit. Bubur susu sebaiknya dibuat sendiri dari tepung beras yang dicampur dengan ASI atau susu formula. Untuk pengenalan rasa, selingi dengan tepung beras merah, kacang hijau, atau labu kuning.
    * Mulai pemberian sayuran yang dijus, kemudian buah yang dhaluskan atau di jus. Sayur dan buah yang disarankan yaitu: zicchini, pisang, pir, alpukat, jeruk.
    * Pemberian ASI atau susu formula di selang seling waktu makan utama.

    2. Mulai usia 7 bulan

    * Perkenalkan dengan tekstur yang lebih kasar (semi padat) yaitu bubur tim saring. Coba terus seandainya bayi menolak atau muntah karena tahapan ini harus dilaluinya.Jika tidak nanti bayi akan malas mengunyah.
    * Perhatikan asupan zat besi seperti hati sapi karena di usia ini cadangan zat besi bayi mulai berkurang.
    * Setelah secara bertahap pemberian tim saring, bayi bisa dikenalkan dengan nasi tim tanpa disaring.
    * Jenis sayur dan buah yang disarankan: asparagus, wortel, bayam, sawi, bit, lobak, kol, mangga, blewah, timun suri, peach.
    * Bisa juga ditambahkan ayam, sapi, hati ayam/sapi, tahu, tempe.

    3. Mulai usia 9 bulan

    * Mulai dikenalkan dengan bubur beras atau nasi lembek, lauk pauk dengan sayuran seperti sup.

    4. Pada usia lebih dari 1 tahun, anak sudah bisa mengkonsumsi makanan keluarga.

    @ Riena,

    Sepertinya sebagian bayi ada juga yang seperti itu… :)
    Biasanya itu merupakan suatu reaksi dan cara dia berkomunikasi dengan Anda. Mungkin ingin digendong, atau mungkin bosan dengan mainannya, dsb. Seharusnya Anda lama-kelamaan akan paham juga apa maksudnya…

    @ febie,

    Sepertinya artikel mengenai ini akan menyusul segera…

  141. Nauli - mommy Kayla August 9, 2010 at 5:45 am #

    Dear Tips bayi,
    Usia baby Kay = 4 bulan 5 hari
    BB = 6.65 kg
    PB = 65 cm
    Tidak ASI full, campur dengan SUFOR
    Perkembangan :
    1. Sudah jago tengkurep (mulai dari 3 bulan)
    2. Gigi bawah 2 sudah mulai tumbuh
    Pertanyaan :
    1. Apakah sudah bisa diberikan MPASI, karena teman 4 bulan sudah memberikannya pada babynya
    2. Mohon advice jadwal pemberian MPASI dan Susunya, supaya teratur
    3. Kalau pagi, makan dulu apa mandi dulu yach ?
    4. Apakah makanan bayi berupa juice buah atau bubur susu bisa kita taro dalam kulkas baru kita hangatkan, karena saya bekerja …mohon info apakah itu baik buat kesehatannya ?
    Thank you

  142. febie August 6, 2010 at 6:59 am #

    dear tips bayi : mao bulan ramadhan nie…aq masih menyusui, biarpun aku kerja aq selau pompa d kantor…yang aku mao tanya klo ibu menyusui boleh puasa gag??? berpengaruh dengan banyak nya asi gag??? saya ingin puasa tapi takut asi saya berkuran…thanks ya

  143. Riena August 5, 2010 at 7:30 am #

    hi tips sy mo tanya,bayi sy umur 5 bulan dia sdh aktif bermain, tp knp ya tips klo dia sdg bermain gitu atau sedang di pangku tangannya suka kyk kejang gt terus mengeluarkan suara dan kakinya jg ikut bergerak2,sptnya dia mnt di ajak main atau mnt di gendong,apa smua bayi spt itu tips?thks

  144. unie August 5, 2010 at 5:16 am #

    dear tips..
    Tips anaku br mau menginjak 5 bulan dan belum diberi makan. minta informasi tahapan-tahapan cara pemberian makan untuk bayi yang baik. karna bulan depan anaku 6 bulan…. mks tips

  145. elin August 5, 2010 at 2:10 am #

    Hi tips bayi, bayi sy mulai msk 6 bulan dan sdh di kasih MPASI sejak 4 bulan krn minum sufor.dan sejak di kasih MPASI minum susunya jadi berkurang krn mungkin sdh kenyang. sebenarnya brp takaran ml susu yang benar pada bayi 6 bulan yg sdh makan makanan padat? karna saya takut bayi saya kekurangan cairan krn setiap harinya rata2 cm minum 630ml.thx atas jawabannya…

  146. tipsbayi August 4, 2010 at 3:44 am #

    @ Riena

    Selama tidak ada gangguan kesehatan dan perubahan pada BABnya, berarti bayi Anda sudah bisa mencernanya. Mengenai botol susu, silahkan Anda baca artikel berikut:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/memilih-dot-dan-botol-bayi

    @ mamanya key

    Silahkan baca jawaban kami kepada mama Aira di atas, mungkin bisa memberi pencerahan…

    @ frida

    Bisa jadi penyebabnya adalah dahak tersebut. Coba cari DSA lain yang bisa menjelaskan dengan detail…?

    @ febie

    Memang perkembangan setiap bayi tidak akan sama persis. Tapi sepertinya untuk bayi Anda masih tergolong normal kok. Ada bayi yang bisa “ngoceh” lebih dulu baru bisa berjalan. Ada yang sebaliknya, jadi jangan terlalu khawatir, selama Anda melihat ada peningkatan dari waktu ke waktu…

  147. tipsbayi August 4, 2010 at 3:37 am #

    @ mama Aira

    Nah, berikut ini beberapa anjuran seputar menyusui dari botol.

    * Posisi saat memberikan susu dari botol tak ubahnya dengan posisi menyusui. Ibu harus dalam posisi duduk senyaman mungkin agar otot-otot bahu dan punggungnya tak tegang yang hanya akan mengundang kelelahan.

    * Dekap bayi sedemikian rupa hingga tetap ada sentuhan skin to skin antara ibu dan bayinya. Usahakan tubuh bayi berada dalam satu garis lurus membentuk sudut 30-60 derajat. Artinya, sanggalah tubuh bayi dengan tangan kiri jika ingin menyusui di sisi kiri dengan posisi kepala harus sedikit lebih tinggi dari badannya. Sementara tangan kanan memegangi botol susu. Jika posisi bayi dirasa membebani lengan ibu, ganjal dengan bantal agar berat tubuhnya bertumpu di situ, hingga ibu lebih leluasa mendekap sambil mengelus pipi atau kepalanya. Tak kalah penting, pelihara selalu kontak mata antara ibu dan bayi. Hanya saja sedikit berbeda dengan posisi tubuh bayi yang menghadap ke tubuh ibu saat menyusu ASI, posisi menyusu dari botol, tubuh bayi nyaris tengadah.

    * Memberikan susu dari botol dianjurkan bergantian di sisi kanan dan kiri, hingga bentuk kepala/pandangan bayi tak cenderung ke satu arah tertentu saja. Kendati memang harus diakui untuk kebanyakan orang menyusui di sisi kanan membuat kagok.

    * Jangan sesekali memberikan susu botol sambil si bayi tiduran karena memperbesar kemungkinan bayi tersedak yang bisa berakibat fatal. Di antaranya mengakibatkan terjadi radang telinga bila aliran susu sampai masuk “menembus” saluran telinga yang berhubungan dengan saluran pencernaan.

    * Hindari pula memberikan susu botol ketika bayi sedang menangis keras atau sedang mengalami sesak napas. Susu bisa masuk ke dalam paru-paru dan terjadilah radang paru-paru.

    * Posisi botol kurang lebih harus sama dengan posisi payudara saat bayi menyusu ASI. Dalam arti, dot harus masuk sedemikian rupa ke dalam mulut bayi dan posisi botol tak menyisakan ruangan kosong yang akan terisi udara. Karena bila udara tersebut terisap oleh bayi, akan membuat bayi kenyang oleh udara, bukan susu. Jadi, dot maupun leher botol harus terisi sepenuhnya oleh susu.

    * Untuk menguji apakah pancaran susu dari botol cukup atau tidak, gunakan lubang standar yang biasanya sudah terdapat di tiap dot. Kalau bayi kelihatan capek mengisap, itu berarti lubangnya terlalu kecil, hingga perlu ditambahkan 1-2 lubang di samping lubang standar tadi. Penambahan lubang ini meski membuat pancaran susu, dipastikan tidak membuat bayi gelagapan karena pancaran susu tadi menyembur ke arah pipi. Hal sama juga diperlukan jika isapan si bayi cukup kuat, hingga lubang standar tadi tak cukup. Sebaliknya, kalau lubang standar terlalu besar yang akan membuat gelagapan, tak ada cara lain kecuali harus ganti dot baru.

    * Untuk mengetahui apakah si kecil sudah/belum puas menyusu, kita bisa mengamati ekspresi dan bahasa tubuhnya. Kalau sudah puas, umumnya ia akan melepas sendiri botol susunya tanpa rewel ataupun dipaksa. Sedangkan bila terlihat masih belum puas, berarti kebutuhannya belum tercukupi, hingga tak ada salahnya tambahkan lagi porsi susunya. Tentu saja harus sesuai takaran yang disarankan.

    * Sedangkan berapa banyak total kebutuhan bayi yang harus diberikan berdasarkan volume, kalori maupun komposisinya, biasanya dokter anaklah yang akan membantu orang tua bayi memperhitungkannya. Salah satu cara sederhana yang bisa ditempuh si ibu, pompa dan ukurlah berapa kira-kira jumlah ASI yang mampu diproduksinya. Selisih antara kebutuhan rata-rata si bayi dan jumlah produksi itulah yang harus diberikan dalam bentuk susu formula. Contohnya, secara kasar, kalori yang dibutuhkan per hari oleh bayi pada bulan-bulan pertama kira-kira 560 Kkal. Bila diasumsikan ia menyusu sebanyak 6-8 kali sehari, maka kebutuhan tersebut bisa tercukupi bila porsi minumnya sekitar 50-70 cc setiap kali minum.

    * Usai disusukan, sandarkan dada bayi di bahu ibu. Lalu tepuk-tepuk lembut punggungnya agar ia bersendawa. Bila ia termasuk bayi yang sulit mengisap, sendawa berulang kali selagi menyusu akan sangat membantunya menghabiskan susu yang tersedia. Karena setelah bersendawa biasanya bayi bisa melanjutkan acara minum susunya yang tertunda.

    Pemberian susu formula bisa dilakukan dengan menggunakan sendok atau malah pipet untuk bayi-bayi baru lahir yang refleks menelannya memang masih lemah sekali.

    Posisi memberikannya sama dengan menyusui bayi dengan botol, yakni dengan posisi kepala lebih tinggi. Dengan penuh kesabaran berikan susu tersebut sesendok demi sesendok saat sendokan sebelumnya sudah tertelan. Hanya saja tenggang waktu pemberiannya disarankan tak lebih dari 10-15 menit. Bila dalam waktu tersebut susu tak bisa dihabiskan sebaiknya jangan dipaksakan. Akan lebih baik bila 2 jam kemudian buatkan susu baru untuk diberikan pada si kecil.

  148. febie August 3, 2010 at 4:28 am #

    hi tips bayi saya mao tanya dwong bayi saya umur 5 bulan beratnya 7.1kg dia udah pengen duduk aja … tapi klo d tengkurapin kpalanya blon bisa lama tegaknya knapa ya??? terus klo d dudukin d pangkuan saya kplanya kedepa” terus saya takut dia bungkuk apa kah itu masalah??? bagaimana agar leher anak sya cepat tegak??? thnks y

  149. frrida July 30, 2010 at 2:32 pm #

    bayi saya sekarang 6 bulan dari usia 4 bulan menolak susu,air putih dan mau jika tidur aja,..dan skrg makan pun di tolak sebenarnya bayi saya kenapa ,apa karna ada dahak di tenggorokannya yang membuat dia menolak susu,makan ,….karna sering saya dengar seperti ada dahak dan kadang nafas cepat melalui tenggorokan kl di liat hidungnya bersih ,…apa karna ada penyebab yang lain ,..sudah ke dsa dan jawabanny tidak memuaskan saya dan kasih obat ,..

  150. mamanya key July 30, 2010 at 7:26 am #

    mbak,,,ankku usianya 15 agustus nanti 6bln,,,skrng sdh bs merangkak,,,
    tp susah minum susu nya,,,krn asi sy tidak ada saya pk susu formula,,,tp kl diberi susu formula pk botol hrs dipaksa,,nangis dulu br mw di hisap,,,
    boleh tny knp ya,,,
    thx

  151. Riena July 26, 2010 at 7:35 am #

    halo tips, mau tanya anak sy memasuki usia 5 bulan , sdh 5 hari ini sy slalu ksh dia MPASI biskuit farley 1/2 lalu sy ksh sedikit air, dan reaksi bayi sy pun bgs, dia sdh bisa mengunyah mknan yg sy berikan, yg ingin sy tanyakan apakah pemberian biskuit itu aman u/ pencernaan bayi di usia menginjak 5 bulan?ohya tips sy jg mo tanya cara merebus perlengkapan makan dan minum bayi yg bnar?apa stlh air mendidih baru di masukan peralatannya? apa di rebus berbarengan ya? thank u tips

  152. mama Aira July 24, 2010 at 5:36 pm #

    halo Tips,aq sering membaca tips2nya dan aq merasa sangat terbantu dengan adanya tips bayi.Anak aq skarng berusia 4bln 10 hari,aq berikan dia ASI dan SUFOR tp kmrn sekitar 2bminggu aq ga ngasih dia SUFOR alhasil sekarng dia ga mau ngedot pake botol.uda aq coba latih kembali tp dia ttp tidak mau,tolong kash saya saran gmn supaya anak saya mau minum pake botol lg?

  153. tipsbayi July 18, 2010 at 2:14 am #

    pipied:

    Perkiraan Anda sama dengan perkiraan kami. Apabila ruamnya hanya pada lipatan, maka ruam pada bayi Anda bisa diakibatkan karena lembabnya pada lipatan tubuh bayi Anda yang kurang seksama pada saat pengeringan sehabis mandi atau ketika berkeringat..

    Sebenarnya dokter Anda yang sangat leluasa menentukan diagnosa. Karena kami tidak bisa melihat jenis ruamnya..

    Bisa saja bukan dari sufornya .. Yang jelas Anda harus teliti mencari penyebabnya..

    Biasanya tanda-tanda alergi sufor atau makanan yang muncul:
    1. Sembelit
    2. Diare
    3. Muntah
    4. Timbul bintik-bintik atau perubahan kondisi kulit anak
    5. Ada ruam-ruam di tubuh
    Setiap bayi biasanya berlainan tanda yang muncul..

    Alergi pada anak memang bukan suatu penyakit. Alergi adalah reaksi hipersensitivas tubuh terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing atau berbahaya. Reaksi alergi biasanya muncul bila anak memiliki kecenderungan bawaan (genetik)..

    Saran kami untuk sementara hidari saja dulu perkiraan pencetus alerginya (ganti sufornya atau berikan ASI saja) dan perhatikan kelembaban kulit terutama pada lipatan tubuhnya usahakan selalu kering.. ;-)

  154. tipsbayi July 18, 2010 at 1:18 am #

    frrida:

    Bayi Anda bukan menolak ASI kan..? Sufor yang bayi Anda tolak..? Berarti bayi Anda tidak cocok dengan sufor tersebut.. ;-)

    Fariasikanlah makanannya, kemungkinan bayi Anda bosan dengan biskuit yang Anda berikan..

    Kalau si kecil banyak berkeringat, itu pertanda kelenjar keringatnya berfungsi dengan baik. Sebab, pengeluaran keringat, termasuk proses ekskresi, yaitu membuang sisa-sisa garam, juga racun dalam tubuh. Selain itu, untuk mengeluarkan panas dalam badan dan membuat suhu permukaan kulit jadi turun, NORMAL kok.. ;-)

    Banyaknya keringat pada bayi tentu tidak dapat dibandingkan langsung dengan kondisi kesehatan yang terjadi pada orang dewasa, lebih-lebih dengan usia manula. Pada pada priode usia tersebut, fungsi alat tubuh dalam penurunan dan kemungkinan adanya penyakit-penyakit yang tersembunyi. Salah satu gejala yang timbul dari penyakit tersebut adalah produksi keringat berlebihan..

    Agar Anda tenang boleh saja Anda periksakan bayi Anda pada DSA, itu lebih baik tentunya.. ;-)

  155. pipied July 17, 2010 at 3:43 am #

    dear tips bayi..
    saya ibu muda yg br mempunyai bayi berumur 5,5 bulan,begitu melihat tips bayi lgsung tertarik,krn tips2nya sangt2 memberikn ketenangan untuk ibu muda seperti saya.
    boleh bertanya jg kan tips?? apakh bercak merah di pipi (tdk trlalu merah) dan ruam merah pada lipatan kulit itu pertanda alergi sufor??BAB-nya normal&tdk diare,serta tdk kembung & rewel brkpanjangn.sekdr info krn saya bkrj,pmberian ASI saya berikan saat sore-mlm.saya sdh ke DSA utk konsultasi mengenai ruam merah di lipatan kulitnya,lalu diagnosa DSA mengarah ke alergi sufor,tp saya agak ragu,krn stlh saya cr info mengenai alergi sufor,gejalanya tdk spesifik mengarah ke alergi susu.untuk wacana bayi saya tergolong gemuk BB 8,4 kg,tadinya saya mengira lipatan merah krn dia kegemukan. mohon penjelasannya dari tips bayi,maaf teralalu panjang & trimakasih sebelumnya.(^_^)

  156. tipsbayi July 16, 2010 at 1:21 pm #

    bunda aurel:

    Pola BAB bayi belum tetap. Bisa sering atau jarang.. Seiring dengan bertambah usianya maka pola BAB bayi Anda akan terbentuk hingga jadwalnya akan terlihat.. Untuk frekuensi BAB, prinsip sederhananya “pengeluaran bagaimana pemasukan”

    Cara membuat pure wortel/ kentang/ apel/ pisang, dll:

    1. Rebus atau kukus kentang atau wortel hingga empuk (apel dan pisang sebaiknya dikukus)
    2. Setelah empuk, angkat dan hancurkan menggunakan sendok atau garpu
    3. Campurkan ASI atau susu formula
    Jadi deeeeeeeh… ;-)

  157. tipsbayi July 13, 2010 at 4:30 am #

    yosri:

    Yang membahayakan apabila bayi yang belum siap untuk duduk tapi didudukan adalah pengaruh pada tulang punggung dan pinggangnya, karena belum cukup kuat untuk menahan beban tubuhnya. Yang nanti akan berpengaruh juga pada perkembangannya.. Tetapi kalau pengaruh pada tulang keningnya, kami baru mendengar..

    Bayi Anda baru berusia 2 bulan ya..? Apabila Anda ingin memposisikan duduk bayi Anda, Anda harus melihat apakah bayi Anda sudah bisa menegakan kepalanya.. (biasanya usia 3 bulan) apabila sudah, maka Anda mulai boleh mencobanya akan tetapi Anda harus menopang penuh bagian belakang badannya dan buatlah sudut kemiringan sandarannya yang cukup nyaman untuk bayi Anda.. ;-)

    Dan ingatlah.. Perkembangan kemampuan bayi bersifat individual, tidak akan sama..

  158. tipsbayi July 13, 2010 at 2:30 am #

    bunda kevin:

    Berat bayi Anda ketika usia 4 bulan sangat ideal.
    Malas tengkurap.. Anda bisa perlahan membiasakannya..

    Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

    Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu ..

    Anda jangan khawatir karena perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda.. Apabila sudah waktunya bayi Anda akan tengkurap juga, bahkan yakin deh tengkurap akan jadi posisi favorit bayi Anda.. ;-)

  159. tipsbayi July 13, 2010 at 2:04 am #

    Nita:

    Wah.. mohon maaf telat nih.. :-)

    Yoghurt yang cocok untuk bayi yaitu yoghurt bayi.. ;-)
    Untuk merk mohon maaf kami tidak bisa meyebutkan disini.. yang jelas ada tersedia di supermarket kok..

    Tentu saja yoghurt buat bayi bukan sembarang yoghurt, lo. Melainkan yoghurt yang mengandung Bifidobacterium sp, yang menghasilkan asam laktat tipe L (+). Sedangkan asam laktat tipe D (-) yang mengalami metabolisme lebih lambat tidak cocok bagi bayi. Setelah usia setahun lebih dan sudah biasa, barulah anak dapat mengonsumsi semua jenis yoghurt dan menikmati manfaatnya sebagai sumber protein, kalsium, dan fosfor tinggi.

    Pemberiannya paling baik dalam keadaan dingin suhu ruang, jadi tidak terlalu dingin seperti es cream keluar dari freezer..
    Tapi jika sudah biasa, minum dalam keadaan dingin juga tidak mengapa..

    Apabila bayi Anda tidak rewel atau menyusunya masih bagus maka sudah bisa dipastikan itu hanya sisa-sisa susu saja, dan bisa Anda hilangkan dengan kain kasa steril yang di masukan ke air hangat lalu Anda gosok perlahan pada daerah putihnya..

    Apabila itu infeksi jamur, maka bayi mungkin rewel, banyak menangis, dan terlihat kurang semangat saat menyusui. Jika demikian maka untuk mengobatinya kami sarankan untuk minta resep dokter.. Biasanya dokter memberikan obat anti jamur nystatin dengan dosis yang disesuaikan.. Ingat konsultasi dengan dokter untuk pemakaian obat..! ;-)

  160. frrida July 12, 2010 at 3:52 pm #

    Keringat perlu diwaspadai sebagai pertanda gangguan kesehatan jika dibarengi dengan keluhan lain semisal mendadak rewel, tak mau makan/minum/menyusu, susah tidur, lemah, dan sebagainya.
    gangguan kesehatan apa ya soalnya bayi saya 5 bulan suka berkringat cuaca dingin tetap berkeringat minum mau tapi sejak usianya 3 bulan menolak susu ,makan di tolak saya mulai kasih biskuit saya akalin waktu tidur di kasih susu kira kira bayi saya kenapa

  161. bunda aurel July 12, 2010 at 9:43 am #

    tips gmn caranya bikin pure aoel,apa pake ASI jg boleh?

  162. bunda aurel July 12, 2010 at 4:25 am #

    dear tips,
    kalau ank sudah makan kira2 BAB yg normal tuh berapa kali dalam seminggu?

  163. yosri July 9, 2010 at 5:54 pm #

    tips bayi,
    benarkah bayi yang masih dibawah dua bulan tidak boleh didudukkan karena akan menngakibatkan keningnya akan menonjol kedepan ?. Padahal kalau anak kami lagi nangis, justeru akan diam jika didudukkan, mohon penjelasannya ya … trmakasih

  164. bunda kevin July 4, 2010 at 7:00 am #

    dear tips,
    aku mo tanya niy..saat ni usia anak ku 5bln.sudah dberi MPASI dr umur 3bln.tp asi masih n sufor..waktu usia 4bln beratny 6,2.tp skrg lum sy timbang lg..yg sy tanyakan knp ya ank sy males bgt tengkurap n tidak aktif seperti anak lain ny,. apa yg harus saya lakukan supaya anak sy aktif . . mohon tips ny ya.

  165. Nita July 1, 2010 at 7:01 am #

    Dear tipsbayi

    Thanks atas jawaban kemaren cm aku kurang puas nich hehehe…….
    Gini tipsbayi masih seputar lidah putih & yogurt.
    - Yogurt apa ya yg cocok untuk bayi aku ( namanya yogurt apa & dmn aku bs beli) ?
    - klo kita kasih lsg rasanya yogurt kan asem gitu?
    - Apakah pemberian yogurt harus dlm keadaan dingin? Apa bayi boleh minum dingin ( dr kulkas ). Gmn dong tipsbayi?
    - Sampai sekarang di dinding mulut bayi aku blm sembuh jg msh ada sedikit putih2 gt, trus perlu aku kasih obat apa ya?
    Aku tunggu jawabannya ………

    thanks atas infonya tipsbayi………

  166. tipsbayi June 30, 2010 at 10:14 am #

    bpk salas:

    Agresif atau aktif itu tanda bayi sehat.. bimbing saja terus bayi Anda dan biasakan sejak dini untuk diajak komunikasi.. Sabar dan telaten..

    Makan apa saja ? Usia bayi Anda berapa bulan ya..? Asalkan makanannya sesuai dengan tahapan usianya, tentunya bagus.. ;-)

  167. tipsbayi June 30, 2010 at 9:58 am #

    Nita:

    Bintik-bintik putih di mulut bisa saja sisa air susu, memang harus telaten Anda bersihkan.. Tidak berbahaya kok.. ;-)

    Apabila keadaan demikian dibarengi dengan rewel, sulit makan, bahkan demam, kemungkinan besar sariawan.. Sariawan pada bayi umumnya disebabkan oleh jamur..

    Sebetulnya sariawan bisa sembuh sendiri. Namun sariawan karena jamur harus diobati dengan obat anti-jamur. Biasanya memakan waktu penyembuhan sekitar seminggu.

    Maka apabila demikian, saat memberi makan sebaiknya Anda suapi dengan sendok secara perlahan-lahan. Usahakan memberi minum dengan gelas, jangan dengan botol. Hal ini untuk menghindari kontak langsung dengan sariawan agar tidak menimbulkan gesekan dan trauma. Berikan terus ASI..

    Makanan pun sebaiknya yang lembut atau cair. Prinsipnya, yang mudah ditelan dan suapi setelah makanan agak dingin agar tak menambah luka. Makanan yang banyak mengandung vitamin C dan B dapat mempercepat proses penyembuhan, misalnya buah-buahan dan sayuran hijau. Sedangkan kekurangan vitamin C bisa mempermudah timbulnya kembali sariawan..

    Yoghurt untuk bayi Anda..? Sudah bisa.. Yogurt mulai bisa dikonsumsi bayi sekitar usia 6 bulan. Tentu saja YOGURT BUAT BAYI bukan sembarang yoghurt melainkan yoghurt yang mengandung Bifidobacterium sp. Setelah usia setahun barulah anak dapat mengonsumsi semua jenis yogurt.. yang dianjurkan adalah tidak lebih 200 cc dan harus bertahap, untuk menjaga keseimbangan saluran cernanya.. Caranya bisa langsung disuapin..

  168. tipsbayi June 30, 2010 at 5:39 am #

    Fay:

    Agar tidak tersedak, posisi tidurnya Anda sangga sampai kemiringannya cukup.. ;-)

  169. bpk salas June 28, 2010 at 8:29 am #

    anak saya agresif sekali makan apa aja masuk . apa itu g jadi masalah di kemudian hari?

  170. tipsbayi June 24, 2010 at 3:07 am #

    ibu poppy:

    Oh.. belum pernah ya..?
    Baiklah.. Untuk sementara sepertinya Anda bisa melihatnya di:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/category/makanan-bayi

    Insya Allah kalau ada resep baru kami kirim ya.. ;-)

  171. tipsbayi June 24, 2010 at 2:58 am #

    nanang:

    Berat ideal untuk bayi usia 5 bulan adalah 6,9 kg. Sedangkan panjang ideal 64,5 cm. Meskipun biasanya bayi perempuan lebih kecil sedikit.. ;-)

    Pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat. Secara umum pertambahan BB dapat dikategorikan dalam hitungan sebagai berikut:

    * Triwulan pertama : 600- 1200 gram per bulan

    * Triwulan kedua : 500-600 gram per bulan

    * Triwulan ketiga : 350-450 gram per bulan

    * Triwulan keempat : 150-250 gram per bulan

    Untuk memastikan apakah bayi Anda masih dalam kategori normal, kurang atau berlebih, Anda dapat mengecek atau membandingkannya melalui kurva Lubchenko yang terdapat pada buku pantau tumbuh-kembang bayi atau KMS (Kartu Menuju Sehat) dari Puskesmas atau Rumah Sakit. Nah, berdasarkan kurva tersebut, parameter untuk mengetahui pertumbuhan bayi tidak hanya dilihat dari pertambahan BB, tapi juga tinggi badan dan ukuran lingkar kepala..

  172. Nita June 18, 2010 at 4:06 am #

    Dear tipsbayi……
    Aku lagi ada masalah nich…….
    Anakku 29 mei kemarin usianya masuk 6 bulan, saat ini ada masalah dgn lidah anakku itu putih-putih & bibirnya sariawan. Udah aku bawa ke dokter tp blm sembuh jg…. Aku jg browsing internet ada cara lain tanpa minum obat tp dengan mengkonsumsi yogurt plain.
    Pertanyaan aku :
    1. Apa ya obat supaya lidah anakku bs cpt sembuh tanpa harus sering berobat ke DSA ?
    2. Apakah yogurt plain tdk berbahaya untuk seusia anakku yg baru 6 bln 26 hari ?
    3. Apabila boleh. Tlg dong bgm cara penberian yogurt plain untuk babyku ( dicampur susu or langsung disuapin or bgm…….. )
    4. Anakku tdk suka asam ( spt :tomat) & manis trus jus apa yg bs membantu mempercepat kesembuhan sariawan baby aku ?

    thanks ya tipsbayi………..

  173. Fay June 17, 2010 at 4:57 am #

    Dear tips bayi,

    Anakq umur 5 bln, sudah mulai maem bubur susu n dia suka. Mo tanya, boleh ga ngasih makannya bayi dalam posisi tidur, dia koq keliatan lebih tenang kalo maemnya sambil tiduran. Thx for tips-nya

  174. ibu poppy June 16, 2010 at 9:42 am #

    tips bayi yg baik,knp kok ga prnah kirim resep makanan bayi ke email saya?thx

  175. nanang June 8, 2010 at 3:53 pm #

    permisi numpang nanya, kira2 ukuran tubuh bayi 5 bulan itu sebesar apa ya??

  176. tipsbayi June 2, 2010 at 11:52 pm #

    Nita:

    Hmm.. ;-)

    1. Insya Allah.. Tunggu saja resep berikutnya ya..

    2. Anda bisa mendapatkan keju rikotta di super market, ada kok..

    Gambar keju rikotta

    null

  177. tipsbayi June 2, 2010 at 7:08 am #

    yani:

    Apabila gumoh nasih dalam keadaan wajar yaitu cairan yang keluar tidak sebanyak yang masuk.., maka Anda tidak perlu khawatir.. ;-)

    Bila gumoh bayi Anda terlihat tidak wajar, sering dan banyak apalagi ada cairan kehijauan maka segera hubungi DSA..

    Lambung bayi masih sangat sempit sekali jadi gampang penuh dan gampang lapar, solusinya berikan ASI kepada bayi Anda sering bukan lama, setelah menyusu hendaknya bayi Anda digendong posisi seperti berdiri bersandar pada dada Anda sambil di tepuk-tepuk pelan punggung bayi Anda agar sendawa dan ASI turun ke lambung bayi Anda..

    Bila melihat usia, sepertinya bayi Anda sudah siap menerima MASI.. Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

    * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
    * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
    * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
    * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
    * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

    Jika setiap kali Anda mencoba menyuapkan makanan kepada si kecil dan lidahnya terus mendorong makanan tersebut keluar, berarti dia belum siap diberi MPASI. Kalau begitu, jangan dipaksa… ;-)

  178. tipsbayi June 2, 2010 at 6:33 am #

    ibu poppy:

    Insya Allah.. tunggu saja resepnya ya.. ;-)

    Berikut ini contoh jadwal pemberian MPASI untuk bayi yang bisa Anda ikuti:
    (jadwal ini adalah untuk bayi berusia 6-9 bulan dan diterapkan secara bertahap)
    bisa juga Anda coba berikan pada bayi Anda..

    Pukul 06.00 (bangun tidur)
    ASI/PASI

    Pukul 08.00 (makan pagi)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 10.00
    Buah segar/ biskuit

    Pkl. 12.00 (makan siang)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 14.00 (sebelum tidur siang)
    ASI/PASI

    Pkl. 16.00
    Buah segar/ biskuit

    Pkl. 18.00 (makan malam)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 21.00
    ASI/PASI

    Selamat mencoba..

    ASI bisa sesuai permintaan bayi Anda..

    Sebenarnya lebih bagus apabila makanannya buatan Anda sendiri, karena apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

  179. tipsbayi June 2, 2010 at 6:26 am #

    Antye:

    Memang sebaiknya apabila bayi Anda belum bisa duduk tegak maka jangan Anda biarkan bayi Anda duduk sendiri tanpa bersandar..

    Dan sepertinya Anda jangan terlalu mengandalkan baby walker, baby walker justru membuat bayi Anda malas untuk berjalan.. Kalau nanti bayi Anda sudah bisa berdiri atau belajar berdiri maka untuk latihan jalannya, ada tips sederhana.. Ajarkan bayi Anda berjalan dengan mendorong kursi plastik kecil atau galon air mineral besar.. Dengan begini maka bayi Anda akan lebih termotifasi untuk cepat belajar jalan.. Akan tetapi HARUS selalu Anda dampingi.. ;-)

  180. Nita May 31, 2010 at 5:07 am #

    Dear tipsbayi…..

    wah…wah…wah…tipsbayi makin banyk penggemarnya nich……………
    1. Boleh juga tuch…tipsbayi klo ada resep makanan untuk bayi di kirim ke e-mail aku jg!
    2. Dimana aku bisa dapatkan jenis keju Rikotta yg aman untuk bayi ( bisa gak kasih gambar keju Rikotta spt apa)?

    thanks ya infonya…….

  181. yani May 30, 2010 at 3:30 pm #

    anakku sekarang sudah memasuki umur lima bulan tapi masih sering muntah susu ASI,apakah anak saya sudah bisa di beri MPASI?

  182. ibu poppy May 29, 2010 at 9:38 am #

    tipsbayi yg baik, saya minta setiap ada resep makanan buat bayi tolong dikirimkan ke email saya bisa tidak?thx
    Sebaiknya klo umur 5 bln jadwal makan buat bayi sebaiknya bagaimana ya?
    terimaksh atas tips nya

  183. Antye May 29, 2010 at 6:02 am #

    Anakku sekarang sudah 5 bulan..dari umur 3,5 bulan sudah saya dudukan di baby walker…tp kata orang gak boleh kalau belum duduk.. Pertama kali saya dudukan depannya saya kasih ganjalan bantal..Tp sekarang sudah nggak lagi. Sekarang anakku sudah bisa kemana2 membawa baby walkernya…Apakah ada dampak negatif untuk nantinya ya ? karena terlalu dini dimasukkan di baby walker…trims nich sebelumnya

  184. tipsbayi May 27, 2010 at 4:25 am #

    herlin:

    Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

    * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
    * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
    * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
    * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
    * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

    Jika setiap kali Anda mencoba menyuapkan makanan kepada si kecil dan lidahnya terus mendorong makanan tersebut keluar, berarti dia belum siap diberi MPASI. Kalau begitu, jangan dipaksa… ;-)

    Untuk MPASI-nya Anda bisa memberikan
    - bubur susu, susunya bagusnya ASI
    - Sereal yang dicampur dengan ASI/sufor
    - Pure pisang
    - Pure kentang
    - Pure apel
    - Pure wortel
    *untuk pure bagusnya dicampur dengan ASI agar BB bayi Anda stabil

  185. tipsbayi May 27, 2010 at 4:17 am #

    nita:

    1. Tidak berbahaya.. Hanya sebagai sedikit panduan, pada umumnya untuk bayi ada 3 jenis keju yang bisa dan aman dikonsumsi, yaitu keju jenis Ricotta, Cheddar dan Cream. Nah dari ketiga jenis ini yang paling rendah kadar garamnya dan paling tinggi proteinnya adalah keju jenis Ricotta. Kedua keju jenis cream, dan terakhir alias yang paling banyak kandungan garamnya adalah keju jenis cheddar..

    2. Apabila pemberiannya tidak berlebihan Insya Allah tidak akan menyebabkan kegemukan..

    3. Pada dasarnya semua ikan segar baik untuk bayi, karena mengandung komposisi yang baik yang dibutuhkan bayi Anda, misalnya salmon, tenggiri, marlin, tuna, gindara, udang, teri dll

    Pengolahan ikan + bubur susu, sama saja dengan pengolahan bubur susu rasa lainnya.. Contoh resepnya Anda tunggu saja ya.. ;-)

    4. Untuk menghilangkan rasa amis bubur campuran ikan, Anda bisa membubuhkan bumbu masak alami. Contoh bumbu alami adalah bawang bombai, bawang merah, bawang putih, bawang daun, seledri, salam, serai, daun jeruk, kemangi, lengkuas, kunyit, kencur. Hanya saja untuk ini Anda perlu melihat dan menyesuaikan minat bayi Anda..

    5. Makanan bayi boleh saja di blender..

  186. tipsbayi May 27, 2010 at 1:22 am #

    syafrina:

    Anda bisa mengajarinya duduk dengan cara mendudukannya dengan bersandar. Sesekali condongkan badannya ke depan biarkan bayi Anda bertumpu pada kedua tangannya, sambil Anda pegang. Anda bisa lepas pegangan beberapa saat. Akan tetapi jangan terlalu memaksa.. Terlihat memang bayi Anda masih dalam proses belajar maka Anda jangan khawatir.. ;-)

    BAB hijau masih normal tetapi tidak boleh terus-menerus muncul, berarti sufor yang bayi Anda konsumsi mempunyai kandungan gula & laktosa tinggi tapi rendah lemak.. Akan tetapi apabila warna BAB hijau dengan lendir adalah termasuk tanda intoleransi/alergi makanan ibu atau sufor yang jelas memang sedang ada gangguan pencernaan..

    Sebenarnya lebih bagus apabila makanannya buatan Anda sendiri, karena apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

    Buatlah pola makan yang baik.. Perbanyak menu makanan yang mengandung serat. Pilihlah menu dengan buah dan sayuran. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan 5 porsi kecil (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

  187. tipsbayi May 27, 2010 at 1:05 am #

    ibunya el:

    Usulan yang bagus.. ;-)
    Akan kami pertimbangkan..

  188. herlin May 26, 2010 at 9:16 am #

    saya mau nanya anak sya baru umur 5 bln & suka masukan tangan nya kedalam mulut apa itu tandanya dia uda siap diksh MPASI & sebaiknya awal mula untuk perkenalan MPASI diberikan biskuit dicampur susu atau bubur.
    thx

  189. nita May 26, 2010 at 2:02 am #

    Dear tipsbayi,

    Aku mau tanya nich…….. anakku sudah berumur 6 bulan tgl 29 mei. trus udah aku coba kasih bubur susu buatan sendiri. Dalam pembuatan bubur susu itu aku tambahin parutan keju sedikit spy ada rasa.
    Pertanyyan saya :
    1. Apakah pemakaian keju pd makanan bayi yg di berikan setiap hari itu tdk berbahaya?
    2. Apakah bisa berdampak kegemukan atau yg lainnya?
    3. Ikan apa saja yg baik untuk perkembangan otak baby aku selain ikan salmon ?
    ( bagi resep pengolahan ikan + bubur susu untuk baby aku yach…..)
    4. Bgm cara menghilangkan bau amis pd ikan yg dicampur pd bubur susu?
    5. Makanan bayi yg di blender berbahaya atau tidak ?

    thanks ya tipsbayi………………..

  190. syafrina May 21, 2010 at 1:19 am #

    hmmph…..pgn tanya nigh…….. bayi aku tiap didudukkan dalam pangkuan slalu aja bungkukin badannya, apa kalu terbiasa seperti itu badannya akan keterusan bungkuk ya,,,??????? boleh gak didudukkan di tanot dengan pengganjal bantal……..trus………knp ya pup anakku tidak padat sempurna dan lembek juga warnanya kehijauan, apa ada gangguan pd pencernaannya karena gak siap mengolah MPasi..?????/MOHON JAWABANNYA YAH………………TQ

  191. ibunya el May 18, 2010 at 3:25 pm #

    ok.. boleh usul g? gmn dg artikel ttg imunisasi?

  192. tipsbayi May 18, 2010 at 7:37 am #

    nita:

    Diblender gak apa-apa, disaring dengan saringan kawat juga bisa.. ;-)

  193. tipsbayi May 18, 2010 at 2:01 am #

    ibunya el:

    Contoh cara pijat, Anda bisa liha rekaman video di atas.. Selamat mencoba.. ;-)

  194. ibunya el May 17, 2010 at 12:05 pm #

    dear tipsbayi,
    thanks buat jwbnnya.. tp bs lebih lngkp g? teknik yg benar tuh misal sprti ap? klo kt orng2 tua dulu kn disruh pijat ke dukun bayi gitu,tp ak g tega klo liat cara pijatnya.. emng lebih baik mana,pijat ke yg profesional /dukun bayi/spa bayi? bukannya kl dipijat sendiri sm ibu/orang terdekatnya bs lebih mendekatkan bayi dg kita?
    “sentuhan ibu adalah bahasa cinta” sry,ngiklan dkit.thanks be4 :)
    dear syazy,
    g prnh dgr ungkapan diatas yach?..
    kl g mw repot ya g usah punya anak kalleee…
    nb.peace ;)

  195. nita May 17, 2010 at 5:01 am #

    Dear tipsbayi….

    Thanks ya atas jawabannya tipsbayi.
    kali ini aku mau tanya nich…? tgl 29 mei baby aku usianya masuk 6 bln , trus aku mau coba kasih dia bubur tim tp mau aku blender , boleh gak makanan baby di blender? trus aman gak sich…..???
    thanks

  196. tipsbayi May 17, 2010 at 2:53 am #

    syazy:

    Hemm.. :-)

  197. tipsbayi May 17, 2010 at 2:50 am #

    nita:

    Berikut ini contoh jadwal pemberian MPASI untuk bayi yang bisa Anda ikuti:
    (jadwal ini adalah untuk bayi berusia 6-9 bulan dan diterapkan secara bertahap)

    Pukul 06.00 (bangun tidur)
    ASI/PASI

    Pukul 08.00 (makan pagi)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 10.00
    Buah segar/ biskuit

    Pkl. 12.00 (makan siang)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 14.00 (sebelum tidur siang)
    ASI/PASI

    Pkl. 16.00
    Buah segar/ biskuit

    Pkl. 18.00 (makan malam)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 21.00
    ASI/PASI

    Selamat mencoba..

    Untuk takaran makan berikan sesuai kesiapan dan berikan dengan bertahap.. ASI bisa sesuai permintaan bayi Anda.. ;-)

    Sedangkan untuk resepnya, silahkan Anda bisa memilih pada “Kategori Makanan Bayi” Anda bisa membaca dan mencobanya..

  198. tipsbayi May 14, 2010 at 8:05 am #

    ibunya el:

    Pada dasarnya, Anda bisa memulai pemijatan pada bayi Anda kapan saja Anda inginkan, bahkan pemijatan dianjurkan dilakukan setiap hari hingga bayi Anda berumur 6-7 bulan. Waktu yang tepat untuk pemijatan adalah di pagi hari atau malam hari menjelang bayi Anda tidur.., tentunya harus dengan teknik yang benar lho.. :-)

  199. syazy May 14, 2010 at 7:56 am #

    pijetkan aza di dukun bayi kan lebih aman dan profesional..sekarang kan ada spa bayi gitu az kok repot…

  200. nita May 14, 2010 at 2:55 am #

    Dear tipsbayi,

    Putra pertama aku usia 5 bulan dan udah di coba MPASI. Tolong dong tipbayi kasih jadwal makan for baby aku dong. Trus resep-resep makanan baby jg ya ???
    masalahnya aku blm tahu nich….makanan yg aman,baik & bergizi yang baik to baby usia 5 bulan.
    Tlg kirim via e-mail aku ja thanks ya …….

  201. ibunya el May 13, 2010 at 8:20 am #

    dear tips bayi,
    putraku skrng umur 5bln.mw tny,apakh salah kl memijat perut bayi?seminggu yang lalu ak dpt cd untuk memijat bayi.kemudian aku praktekkan.aku perhatikan sih el merasa nyaman setelah aku pijat,walopun pd wktu pijat dia trkdng berontak tp g smpe nangis,tp untuk beberapa gerakan dia seolah menikmati.menurut eyangnya g perlu pijat perutnya,tkut salah.tp divideo pijat bayiku dah ad tuntunannya.gmn ya?sebenarnya seberapa penting pijat bayi? gmn tips aman memijat bayi?aku biasanya rutin memijat sehabis mndi pagi&sore menggunakan minyak telon.makasih seblmnya :-)

  202. tipsbayi April 20, 2010 at 11:47 pm #

    Abdullah:

    Agar berat badan bayi Anda tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP..

    Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang cukup. Perencanaan pola makan dengan gizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Prinsip penyajian makanan bisa berdasarkan piramida makanan.

    Pada dasar piramida adalah jenis kelompok karbohidrat (nasi, mie, roti, sereal, pasta) yang merupakan sumber energi utama. Kelompok ini dapat dikonsumsi dengan porsi terbesar yaitu sekitar 60-70%.

    Baris kedua adalah kelompok serat yang merupakan sumber vitamin dan mineral. Kelompok ini dapat dikonsumsi dengan porsi yang cukup banyak.

    Baris ketiga yang terdiri atas sumber protein dan mineral yang merupakan zat pembangun. Makanan sumber protein hewani dan nabati, susu dan produknya. Sesuai dengan bentuk piramida, semakin ke atas tentunya kebutuhan akan bahan makanan ini semakin sedikit. Pada kelompok ketiga kebutuhannya tidak sebesar sayuran dan buah. Puncak dari piramida atau zat yang paling sedikit kita butuhkan merupakan kelompok lemak dan minyak . Yang termasuk di dalamnya antara lain : minyak goreng, lemak dari daging sapi / ayam, permen dan coklat. Kelompok ini menghasilkan banyak kalori namun sedikit kandungan gizinya.

    Maka untuk bayi Anda yang usia 10 bulan, Anda bisa menyajikan makanannya dengan prinsip penyajian makanan berdasarkan piramida makanan tersebut dengan memenuhi beberapa prinsip, yaitu gizi seimbang sesuai dengan umur, aktifitas, dan jenis kelamin; variatif; dan tidak berlebihan .. ;-)

    Untuk pemberian vitamin boleh saja akan tetapi sebaiknya Anda konsultasikan dan periksakan dahulu dengan DSA atau ahli gizi, karena setiap bayi akan berbeda kebutuhan jenis vitamin yang diperlukannya..

  203. Abdullah April 19, 2010 at 2:44 am #

    Selamat pagi.
    Dear tipsbayi….

    Saya mau tanya,anak saya umur 10 bulan lebih timbangan berat badannya kok tidak naik2 ya sekitar 6,3 & perkembangan badanya juga kurang.Apakah ada makanan /atau Vitamin yang terbaik untuk anak.

  204. tipsbayi March 31, 2010 at 2:24 am #

    ade:

    Memasukan jari ke mulut adalah salah satu eksplorasi kemampuan bayi pada usia segitu, memang biasa… Bisa juga pertanda bayi Anda lapar.. Apakah bayi Anda sudah mendapatkan MPASI..?

    Berikan mainan yang bisa kembali berdiri kembali setiap dipukul jatuh, tempelkan gambar-gambar yang menarik diranjangnya dan gantungkan sesuatu yang berwarna mencolok pada dinding kamarnya, berikan mainan yang ukurannya aman dan harus terbuat dari bahan yang aman pula karena akan sering memasukannya ke mulut, selain memberikan mainan yang berwarna cerah Anda juga bisa memberikan mainan yang bisa berbunyi, seringkali juga bayi Anda akan bermain dengan perabotan rumah seperti pot dan panci.. pastikan saja alat-alat tersebut tidak mencelakakannya.. ;-)

  205. ade March 28, 2010 at 4:04 pm #

    Dear tipsbayi…..
    saya ade mamanya afif seneng bgt bisa shering disini. afifku 1 april 2010 berumur 5bln dia anak yang manis dan tidak rewel, afifku seneng bgt masukan kedua tgnnya kedalam mulut, ada yg bilang nggak masalah, ada juga yang bil ndak boleh. jd bgm solusinya ya? kalau saya mau membelikan mainan untuk afifku apa yg sebaiknya diperhatikan mohon sarannya. thank be 4.

  206. tipsbayi March 23, 2010 at 2:56 am #

    Mamina Yoel:

    Usaha Anda untuk mempertahankan susu fresh untuk bayi Anda sudah bagus.. ;-)
    Untuk penyimpanan ASI atau sufor yang telah dilarutkan, penyimpanan dalam suhu ruangan suhu tidak lebih dari 25° Celsius ASI akan bertahan selama 4-6 jam. Penyimpanan dalam lemari es dengan suhu 0°–3.9° Celsius, susu akan bertahan selama 2-3 hari.

    ASI itu kan tergantung dengan mindset kita. Kalo di pikiran Anda ditanamkan pesan bahwa “ASI saya pasti cukup buat bayi saya!”, itulah yg akan terjadi.. sebaliknya dalam benak kita terus menerus ada kekuatiran, “Duh, ASI saya sedikit banget, kayanya ngga cukup deh..” ya itu pula yg akan terjadi..

    ASI itu hukumnya supply dan demand. semakin banyak disusui dan dipompa akan
    semakin banyak berproduksi.. Jadi meskipun ASI-nya belum keluar sebaiknya coba terus Anda berikan pada bayi Anda..

  207. Mamina Yoel March 19, 2010 at 7:41 am #

    dear tips bayi…,
    anakku dr lhr smp skrg (5 bln) mengkonsumsi sufor, krn ASIku kering.
    mo nanya ttg seputar sufor nih. biasanya yoel kl nyusu kadang sebotol full hbs, kdg nggak, dan kl gak hbs (sisa 1/2 btl) aku sll taroh di pemanas susu, agar susu tetap hangat (keep warm), jadi kl waktunya yoel nyusu lg, aku hbsin susu yg sisa td dulu.
    pertanyaannya, bnr tidak tkdkn bgtu….??? brp jam batas kekuatan susu???
    trimzzzz yah….

  208. tipsbayi March 17, 2010 at 3:35 am #

    Cici mamanya Richard:

    ASI itu kan tergantung dengan mindset kita. Kalo di pikiran Anda ditanamkan pesan bahwa “ASI saya pasti cukup buat bayi saya!”, itulah yg akan terjadi.. sebaliknya dalam benak kita terus menerus ada kekuatiran, “Duh, ASI saya sedikit banget, kayanya ngga cukup deh..” ya itu pula yg akan terjadi.. ;-)

    ASI itu hukumnya supply dan demand. semakin banyak disusui dan dipompa akan
    semakin banyak berproduksi.. Jadi meskipun ASI-nya belum keluar sebaiknya coba terus Anda berikan pada bayi Anda..

    Apabila keadaan sudah baik, maka aman-aman saja bayi Anda diberikan sufor.. Anda juga sebenarnya bisa memberikam ASI dengan cara memompa atau memerah ASI Anda dan disimpan di lemari es yang nantinya bisa duberikan pada bayi Anda oleh anggota keluarga yang lain ketika Anda tidak sedang dirumah, agar bayi Anda tetap mendapatkan ASI hangat maka sebelum diberikan, ASI direndam pada wadah yang berisi air hangat..

  209. Cici mamanya Richard March 16, 2010 at 5:58 am #

    Tx pencerahannya ya tips :)
    Skrg ak lg bingung, bsk dah mulai masuk kerja dan ASIP ku ga cukup :(
    Aman ga ya, setelah diare gitu ak kasi nutrilon royal?
    ..hiks..ya ampun, kalo anak sakit bingungnya minta ampun :(

  210. tipsbayi March 16, 2010 at 3:56 am #

    mama amira:

    Selamat bergabung deh.. ;-)

    Apakah bayi Anda minum ASI atau formula? Apakah bayi Anda minum vitamin atau obat tertentu? Kadang formula yang dicampur dengan vitamin memang bisa megubah warna urine, demikian juga pemberian vitamin.

    Kalau bayi Anda minum ASI saja dan tidak sedang mengkonsumsi vitamin atau obat tertentu, maka sepertinya bayi Anda kurang minum.. Perbanyak minum ASI dan tentunya Anda juga harus banyak minum air putih..

  211. tipsbayi March 16, 2010 at 3:40 am #

    Cici mamanya Richard:

    Apabila feses richard sudah terlihat normal, frekuensinya BAB-nya sudah normal dan nafsu makan (menyusunya) sudah kembali membaik maka itu sudah bisa dipastikan usus dan sistem pencernaannya sudah pulih.. Biasanya 2-3 hari..

    Apa yang sebaiknya Anda berikan pertama kali?
    Anda bisa mencoba:

    - Sereal yang dicampur dengan ASI atau susu formula

    - Pure pisang

    - Pure kentang

    - Pure apel

    - Pure wortel

    Perhatikan reaksinya setelah pemberian MPASI. Jika tidak ada gangguan pencernaan atau tanda-tanda alergi, maka menunya bisa Anda teruskan… ;-)

  212. tipsbayi March 16, 2010 at 3:33 am #

    Papi quinn:

    Memang pada beberapa bayi bahkan orang dewasa pun sering ditemukan kotoran telinga yang kering dan berwarna putih.. Biasanya yang seperti ini membuat telinga gatal.

    Yang dokter Anda katakan memang benar. Bahkan ada pendapat tidak ada penyebab seseorang mempunyai kotoran telinga kering atau basah, hal ini tergantung dari pembawaan individu masing-masing. Jadi Anda jangan terlalu khawatir. Dan untuk membersihkannya harus hati-hati, cukup Anda bersihkan telinga bagian luar saja.. ;-)

  213. mama amira March 15, 2010 at 12:26 pm #

    dear tips bayi,
    happy dech b s nemuin link ini :D
    baby q 6 bln akhir2 ni pipisnya jadi jarang, dalam sehari 3-5 x pipisny.
    n warnanya agak kekuningan……normalkah itu??????
    (dia tdk rewel atau nangis waktu pipis)

  214. Cici mamanya Richard March 13, 2010 at 5:10 am #

    Dear tips bayi,

    Seneng bgt nemu link ini, :)
    Mohon bantuannya dong ya..
    Anak saya usianya hri ini pas 6 bulan, udah siap bgt buat mpasi, tapi berhubung minggu kemaren richard kecilku diare, baru sembuh 2 hari.,kata dsa nya mending mpasi nya ditunda dulu sampe ususnya pulih.,emang usus baby setelah diare pulihnya brp hari ya? Richardku kyknya udah ga sabar bgt pengen makan..
    Mpasi pertama yg paling aman untuk pencernaan apa ya tips? (yg tdk memicu diare dan alergi)

    Tx before ya :)
    -cici-

  215. Papi quinn March 9, 2010 at 3:05 pm #

    maap sebelumnya kalau pertanyaan saya tidak sesuai topik
    plz help dong tips bayi
    Anak saya Quinn kenapa yah kuping sebelah kanan selalu ada kotoran berwarna putih. Saya sudah konsultasi kedokter spesialis tht. Katanya sih hanya jamur biasa, dan dokter memnbersihkan kuping Quinn. Lantas 5 hari kemudian kotoran berwarna putih timbul kembali. Apakah ada kasus serupa yang persis anak saya. Tolong bantuannya

    Best rgds
    Papi Quinn

  216. Papi quinn March 9, 2010 at 3:03 pm #

    plz help dong
    Anak saya Quinn kenapa yah kuping sebelah kanan selalu ada kotoran berwarna putih. Saya sudah konsultasi kedokter spesialis tht. Katanya sih hanya jamur biasa, dan dokter memnbersihkan kuping Quinn. Lantas 5 hari kemudian kotoran berwarna putih timbul kembali. Apakah ada kasus serupa yang persis anak saya. Tolong bantuannya

    Best rgds
    Papi Quinn

  217. tipsbayi March 8, 2010 at 2:59 am #

    umi izzan:

    Benar.. Anda harus memerah atau memompanya terlebih dahulu.. Setelah itu ASI atau sufor dicampurkan ketika makanan bayi Anda akan disajikan. Untuk sufor, terlebih dahulu Anda larutkan dengan sedikit air. Anda boleh menggunakan air panas dari dispenser.. ;-)

  218. umi izzan March 5, 2010 at 2:47 am #

    Tips….

    Mau tanya ttg resep bubur tepung beras, katanya harus dicampur dengan ASI atau sofur. Klo aku mau pakai ASI, apa ASI nya di pompa dulu atau gmn?

    Trus klo pake sofur, masih tetep harus pake air mineral jg?

    Boleh ga klo pake air panas dr dispenser, bukan masak di panci?

    makasih jawabannya.

  219. tipsbayi March 4, 2010 at 4:54 am #

    diana:

    Jika bayi Anda sudah siap diberi MPASI, apa yang sebaiknya Anda berikan pertama kali?

    Anda bisa mencoba:

    - Sereal yang dicampur dengan ASI atau susu formula

    - Pure pisang

    - Pure kentang

    - Pure apel

    - Pure wortel

    Perhatikan reaksinya setelah pemberian MPASI. Jika tidak ada gangguan pencernaan atau tanda-tanda alergi, maka menunya bisa Anda teruskan…

    Untuk resepnya anda bisa buka pada kategori “makanan bayi” di atas samping kanan..

    Berikut ini salah satu contoh jadwal pemberian MPASI (jadwal ini adalah untuk bayi berusia 5-9 bulan dan diterapkan secara bertahap)

    Pukul 06.00 (bangun tidur)
    ASI/PASI

    Pukul 08.00 (makan pagi)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 10.00
    Buah segar/ biskuit (tidak mengandung susu sapi)

    Pkl. 12.00 (makan siang)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 14.00 (sebelum tidur siang)
    ASI/PASI

    Pkl. 16.00
    Buah segar/ biskuit (tidak mengandung susu sapi)

    Pkl. 18.00 (makan malam)
    Bubur susu > nasi tim

    Pkl. 21.00
    ASI/PASI

    Selamat mencoba :)

  220. diana March 1, 2010 at 7:01 am #

    hi tips, aku baru gabung nie…
    anakku 5 bulan dan rencananya mau aku kasih mpasi, bisa aq minta jadwal pemberian makan untuk anak 5 bulan dan resep-resep menunya…tolong yaa…:) berhubung masih baru jadi ibu, jadi masih bingung ni untuk pemberian makan pertamanya..

    tks ya tips

  221. tipsbayi February 24, 2010 at 2:58 am #

    suky:

    Tidak perlu dimasak dengan tepung berasnya. Anda cukup mencampurkan ASI atau sufor apabila akan menyajikan bubur susu tersebut..

    Untuk pertama kali atau pada masa adaptasi, sebaiknya Anda campurkan ASI atau sufornya agak banyak, agar rasanya tidak terlalu jauh berbeda dengan makanan sebelumnya yaitu ASI atau sufor.. ;-)

  222. tipsbayi February 24, 2010 at 2:49 am #

    leni:

    NORMAL kok meskipun memang agak kurang.. Pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat.

    Untuk memastikan apakah bayi Anda masih dalam kategori normal, kurang atau berlebih, Anda dapat mengecek atau membandingkannya melalui kurva Lubchenko yang terdapat pada buku pantau tumbuh-kembang bayi atau KMS (Kartu Menuju Sehat) dari Puskesmas atau Rumah Sakit. Nah, berdasarkan kurva tersebut, parameter untuk mengetahui pertumbuhan bayi tidak hanya dilihat dari pertambahan BB, tapi juga tinggi badan dan ukuran lingkar kepala..

    Agar berat badan bayi Anda tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.

    Jika bayi Anda masih dalam periode ASI eksklusif -alias belum memperoleh asupan selain ASI- maka masih tergolong normal jika ia tidak BAB hingga 3-6 hari. Bahkan terkadang setelah 1 minggu pun fesesnya sama sekali tidak keras.

    Hal ini disebabkan oleh ASI yang masih sangat mudah dicerna oleh tubuh bayi Anda dan ini juga berarti sebagian besar ASI dapat diserap dengan baik oleh tubuhnya.. ;-)

  223. tipsbayi February 23, 2010 at 4:52 am #

    lailatul masyrifah:

    Anda memberikannya ASI eksklusif itu bagus sekali.. Memang idealnya bayi diberi MPASI setelah usia 6 bulan. Sebelum itu makanan terbaik bayi Anda hanya ASI..

    Akan tetapi, memang sebagian bayi pada usia 5-6 bulan bahkan usia 4 bulan ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya.
    Maka apabila Anda ingin, boleh saja Anda memberikan bayi Anda MPASI apabila sudah memperlihatkan tanda-tanda seperti diatas..

    Untuk kebutuhan air putih.. Selama bayi Anda masih mendapatkan ASI atau sufor, Anda bisa berikan seperlunya. Terlalu banyak air dapat menganggu keseimbangan cairan dalam tubuh bayi. ASI merupakan cairan yang terbaik untuk tetap menjaga bayi yang belum banyak memakan makanan padat dari ancaman dehidrasi, bahkan untuk bayi dibawah 6 bulan jangan dberi minum air putih, meskipun anak Anda 7 bulan ada baiknya anak Anda jangan diberi terlalu banyak air putih dulu, cukup diberikan untuk mendorong makanan saja, perbanyaklah ASI..

    Untuk Madu… Memang ada pendapat bayi sebelum 1 th jangan dulu diberi madu tapi ada juga yang berpendapat bahwa bayi 6 bl sudah boleh dikasih madu..

    Madu memang bisa bermanfaat karena madu punya daya antiseptik. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi pun bisa sebagai anti oksidan, anti radang, dan juga perdarahan.

    Yang jelas, madu amat berkhasiat dan secara kimia tak ada bahaya maupun dampaknya. Hanya memang, ada bayi atau balita yang peka dengan madu, dalam arti tak cocok hingga berdampak seperti diare, kembung atau kolik setelah minum madu. Bila terjadi hal seperti itu, sebaiknya dihentikan pemberiannya dan lain kali dicoba lagi. Kendati sebetulnya amat jarang ditemui kasus demikian.

    Tapi meski khasiatnya amat tinggi, jangan pernah berikan madu asli (belum refined dan purified yang dapat mengandung spora clostridium botulinum) pada si kecil tapi berikanlah madu yang sudah dimurnikan.. ;-)

    Sebenarnya banyak berkeringat merupakan pertanda baik karena berarti kelenjar keringat berfungsi sempurna. Pengeluaran keringat merupakan proses sekresi atau pembuangan sisa-sisa garam dan juga racun dari dalam tubuh.

    Seberapa banyak pun keringat bayi yang keluar sebenarnya normal saja sepanjang bayi tidak terganggu oleh keringatnya. Masih dikatakan wajar bila bayi tidak rewel, selera makannya tetap oke, porsi tidurnya cukup, dan pertumbuhannya tidak terganggu… :-)

    Keringat perlu diwaspadai sebagai pertanda gangguan kesehatan jika dibarengi dengan keluhan lain semisal mendadak rewel, tak mau makan/minum/menyusu, susah tidur, lemah, dan sebagainya.

  224. suky February 21, 2010 at 3:08 pm #

    Hi Tips .. anak saya umur 5 bulan dan saya ingin memulai memberikan mpasi .. yang saya mau tanyakan untuk bubur susu apakah susunya perlu dimasak sekalian dengan tepung berasnya ?? thanx ya

  225. leni February 21, 2010 at 11:46 am #

    mau tanya anak saya umur 5 bln,tp berat badan nya cuma 5,4kg..normal kah itu?minum nya kuat,tp BAB sekali 3hari,dia sih alhamdulillah sht2 aja…saya cuma ksh dia ASI aja,,,thanks

  226. lailatul masyrifah February 18, 2010 at 10:44 am #

    Tips, mau tanya lg yach… babyku kok sering keringetan ya? bahkan di ruang ber Ac pun keringatnya sngat berlebih, khususnya di daerah kepala. Klo tidur sama aku, aku sama suamiku kedinginan sama suhu kamar, tapi begitu Ac aku matikan/ suhunya ku besarkan, babyku malah keringetan dan tidurnya gak tenang, padahal aku kedinginan. Wajar gak sih gitu itu? trus, solusinya bgmana? kira2 ada gak obat untuk menghilangkan keringat berlebih pada bayi? thanks….

  227. lailatul masyrifah February 18, 2010 at 10:11 am #

    Makasih banget yach atas informasinya. Tips aku mau tanya nih, babyku umur 5 bulan, kata dokter gak boleh dikasih makan dulu smpai umur 6 bln. Selama ini aku hnya ksih asi, boleh gak di usia 5 bln ini aku kasih air putih + madu? Thanks b4…

  228. tipsbayi December 26, 2009 at 4:15 am #

    shelvia:

    Insya Allah tidak akan apa-apa.. ;-) Bahkan ada bayi yang tidak imunisasi sehat-sehat saja..

    Apabila memang bayi Anda sudah terlihat siap menerima MPASI dan tanda-tanda di atas terlihat pada bayi Anda.., boleh saja.. :-)

    Memang banyak para ibu yang memberikan MPASI mulai dari bayi umur 4 bulan, meskipun anjuran dokter diberi sejaj bayi umur 6 bulan..

    Untuk makanan pertama “bubur susu..”

  229. shelvia December 24, 2009 at 8:44 am #

    apakah boleh umur 4 bulan diberi bubur?

  230. shelvia December 24, 2009 at 6:29 am #

    bu ini saya mau tanya anak saya uda berumur 4 bln tapi baru disuntik untuk berumur seminggu,pa itu berbahaya buat anak saya?karena waktu suntiknya terlambat sekali

  231. tipsbayi December 24, 2009 at 2:36 am #

    ibu restu:

    Gejala yang terjadi pada alergi susu sapi secara umum hampir sama dengan gejala alergi makanan lainnya. Reaksi terhadap alergi susu sapi adalah kulit, saluran cerna dan saluran napas.

    Alergi pada bayi memang bukan suatu penyakit. Alergi adalah reaksi hipersensitivas tubuh terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing atau berbahaya. Reaksi alergi biasanya muncul bila bayi memiliki kecenderungan bawaan (genetik)..

    Untuk susunya sebaiknya Anda memberikan ASI, karena hampir tidak ada yang mengalami alergi ASI. Pertahankan pemberian ASI sampai bayi Anda berusia 2 atau 2,5 tahun.. ;-)

    Susui bayi Anda sering bukan lama, setelah selesai menyusui posisikan bayi Anda berdiri bersandar pada dada Anda sambil ditepuk perlahan tekuknya..

    Kasus alergi susu umumnya akan hilang saat anak berusia satu tahun ke atas atau sudah berusia 15 tahun. Menurut data, sebanyak 56 persen bayi yang se belumnya menderita alergi susu, sudah menjadi toleran ketika berumur satu tahun. Sedangkan pada umur 15 tahun, 95 persen anak sudah tidak menderita alergi susu lagi.

    Untuk kemerahan pada leher bayi Anda bisa Anda oleskan baby oil atau VCO.

  232. ibu restu December 22, 2009 at 4:45 am #

    slm kenal,tgl 2 juli kemrn anak saya genap berusia 5 bulan…Tp dari lahir sampai skg dia msh sering muntah,,sehabis ataupun tidak menyusu..Kata SDA itu adalah sebagian dari alergi dan say disarankan untuk mengkonsumsi susu yang mengansung hypoallergenic..Tp tetap tidak ada perubahan.Tolong solusinya,,Eh ada yang lupa,,lehernya jg merah2 akibat dari tumpahan susu tersebut.Thx

  233. Asri December 20, 2009 at 10:24 am #

    waaaahh alhamdulillah saya jadi ngerti

  234. ayip November 16, 2009 at 1:44 pm #

    nuhun yaa

  235. tipsbayi November 14, 2009 at 12:39 am #

    Eko:

    Insya Allah tidak ada efek negatifnya. Yang perlu diperhatikan adalah penggunaan “sippy cup” untuk minum jus buah – kalau ini dibiasakan dalam jangka waktu yang panjang, kebanyakan ahli meyakini akan menjadi penyebab datangnya caries gigi.

  236. Eko November 13, 2009 at 4:18 am #

    dear team tipsbayi.com,

    sy ada pertanyaan, apakah ada efeknya ke pertumbuhan gigi, apabila bayi 5 bulan minum air putih langsung dari gelas biasa..trima kasih

  237. tipsbayi November 11, 2009 at 4:31 am #

    ujang kosim:

    Terima kasih atas infornasinya, mudah-mudahan rekan semua bisa mengambil pelajaran dari pengalaman Anda.. :-)

  238. tipsbayi November 11, 2009 at 4:29 am #

    Deas:

    Bayi Anda termasuk gemuk.., interval waktu dari pukul 6 pagi ke pukul 5 sore cukup lama dan sementara Anda hanya memberikan ASI atau sufor ketika malam atau ketika mau tidur. Sepertinya Anda perlu nerubah sedikit jadwalnya.. :-)

    Berikut ini salah satu jadwal pemberian MPASI untuk bayi yang bisa Anda ikuti:
    (jadwal ini adalah untuk bayi berusia 6-9 bulan dan diterapkan secara bertahap)

    Pukul 06.00 (bangun tidur)
    ASI/PASI

    Pukul 08.00 (makan pagi)
    Bubur > nasi tim

    Pkl. 10.00
    Buah segar/Biskuit

    Pkl. 12.00 (makan siang)
    Bubur > nasi tim

    Pkl. 14.00 (sebelum tidur siang)
    ASI/PASI

    Pkl. 16.00
    Buah segar/biskuit

    Pkl. 18.00 (makan malam)
    Bubur > nasi tim

    Pkl. 21.00
    ASI/PASI

    Selamat mencoba :)

    Untuk takaran makan berikan sesuai kesiapan dan berikan dengan bertahap.
    Frekuensi pipis sangat dipengaruhi oleh asupan cairan, jadi normal saja kok..
    Kalau bisa sejak dini dibiasakan apabila bayi Anda ngemot jari dialihkan kebiasaanya dengan perlahan. Lebih baik ngemot ASI.. ;-)

  239. tipsbayi November 11, 2009 at 4:14 am #

    desy:

    Kehendak yang Maha Kuasa.., akan tetapi Anda jangan terlalu khawatir.. Anda bisa memberikan perhatian lain dengan cara memanfaatkan waktu menyusui bayi Anda oleh Anda sendiri seperti layaknya Anda menyusui dengan ASI, jangan biarkan bayi Anda disusui oleh orang lain selain Anda. Dengan begitu kedekatan Anda dengan bayi Anda akan terjaga. Hingga kelak bayi Anda akan tumbuh menjadi anak yang dekat dengan ibunya. Kedekatan dengan Anda, inilah salah satu modal untuk mencetak anak yang cerdas dan sehat.. ;-)

    Percayalah.. Yang Maha Kuasa memberikan yang terbaik untuk Anda..

  240. ujang kosim November 10, 2009 at 12:14 pm #

    Bayi aku usianya 5 bulan jalan, tadinya sesuai rekomendasi kesehatan usia 6 bulan baru di kasih MPASI, ternyata udah jalan 5 bulan si kecil udah nangis terus dan ketika melihat makanan nangis… makanya aku coba kenalkan MPASI.. eh ternyata sampai saat ini g apa-apa, mungkin emang udah lapar.. perlu diketahui bahwa kondisi bayi pada umumnya berbeda, malahan anak aku yang pertama di kasih MPASI nya waktu usia 3 bulan….. dan sekarang udah usia 5 tahun… tapi itu di kembalikan pada ibu dan bpk semua

  241. Deas November 10, 2009 at 3:12 am #

    Dear Tips Bayi…
    Bayi sy umur 5bln pd 18 nov. 2009 nanti, sdh bisa tengkurap, memutar & merayap. (sekarang berat 8kg), sdh sy berikan bubur susu (tiap jam 6pagi) dan pisang (jam 5sore) sejak umur 3bln 3minggu, selain krn sdh tertarik dgn makanan, anak sy tdk suka sufor, krn sy bekerja asi hanya mkm hr, belakang krn lebih suka main cenderung klo lapar/haus lebih suka ngemot jari tp slalu kita sela dgn sufor atau asi pd saat dia sdh mau memejamkan mata. Pertanyaan saya :
    1. Sdh tepatkah jadwal mkn bayi sy?
    2. Berapa byk takaran pisang & bubur susu yg tepat buat bayi sy?
    3. Frekwensi pipis nya hanya 4-6 kali sehari, Normalkah? (bayi tdk rewel)
    4. Apakah kebiasaan ngemot jari akan membawa dampak jelek, atau tdk apa2?

    terimakasih tips bayi, ditunggu jawaban secepatnya

  242. eka November 9, 2009 at 5:32 am #

    saya mo bertanya lagi.di usia 5 bulan berapa berat normal bayi?bayi saya susah naik BB sekitar 200-300gr pada bulan ke 3 dan ke 4,apa ini normal?waktu 4 bulan BB nya 5,5kg.1 minggu terakhir ini bayi saya sring berteriak kdg menangis di malam hari antara pukul 01.00-05.30 selama itu dia tidak mau tidur,siang hari tidur sekitar 2-3 jam.kami berusaha memberi dia minum,tapi masih saja rewel.apa ada penyebab lain selain lapar?

  243. desy November 6, 2009 at 2:38 pm #

    jika tidak dapat menyusui asi bagi seorang ibu karena sakit dan mengkonsumsi obat sejenis steroid menjadikan phobia karena tak bisa memberikan asinya karena kesan bayi tanpa asi begitu buruk perkembangannya seperti iQ yang kurang daya tahan tubuh tidak kuat dsbnya

  244. tipsbayi October 5, 2009 at 4:32 am #

    Meuthia :

    Nangis adalah satu-satunya cara mengungkapkan semua perasaan ketidak nyamanan pada bayi, jadi Anda tidak usah terlalu khawatir atas kejadian itu..

    - Adapun observasi yang perlu dilakukan adalah:

    + Cari dan ingat bagian-bagian mana saja yang lebam/benjol/ memar di seluruh anggota badan bayi Anda. Jika menemukan benjolan di kepala atau memar di badan, boleh diobati dengan obat antitrauma oles. Jika pada bagian kepala tidak ditemukan lebam atau benjol, tapi bayi Anda menangis saat dipegang, larikan segera ia ke rumah sakit terdekat.

    + Coba gerakkan kedua tangan bayi Anda, ke samping, ke atas, ke bawah, ke depan, lalu rentangkan dan angkat-angkatlah. Jika ada keluhan pastikan di tangan yang mana dan saat dalam posisi seperti apa. Ini sebagai bahan untuk dilaporkan ke dokter.

    + Lakukan hal yang sama pada kaki.

    + Tengokkan kepala bayi Anda ke kanan dan ke kiri. Coba dekatkan dagu bayi Anda ke dada secara perlahan. Jika ada keluhan catat sebagai laporan pada dokter.

    + Miringkan badan bayi Anda ke kiri dan ke kanan. Jika ada keluhan catat dan laporkan ke dokter.

    - Observasi perlu dilakukan selama 2×24 jam. Jika dalam kurun waktu itu ada keluhan, apalagi sampai muntah dengan menyembur, segera
    larikan ke rumah sakit terdekat.

  245. tipsbayi October 5, 2009 at 3:15 am #

    Leni Susilowati :

    Sama saja..
    Cara membuat :
    • jerang apel atau wortel atau pir ke dalam air di atas api kecil hingga lunak. Angkat dan dinginkan
    • masukkan ke dalam blender, haluskan. Campur dengan asi atau susu formula. Aduk hingga rata

    Jadi deh.. :-)

  246. tipsbayi October 5, 2009 at 3:04 am #

    Kemala :

    Setiap orangtua pasti ingin memiliki anak yang sehat dan cerdas. Segala daya dan upaya akan dilakukan oleh sang ibu dan ayah agar tujuan tersebut tercapai. Mulai dari sering mendengar musik klasik, minum vitamin, rajin berolahraga sampai memberikan susu formula yang mengandung AA dan DHA yang dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan anak.

    Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun atau 2,5 tahun..

    Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya. Padahal dengan memberikan ASI, kesehatan dan kecerdasan sang bayi pun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

    Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

    Jadi pilih ASI atau sufor…? :-)

  247. Meuthia October 3, 2009 at 8:11 pm #

    Bayiq hbs kjedot tembok kpalanya wkt tdr bguling2. Dianya se g nangis, cm sy kwtr bagian lunak kplnya yg kena. Bgmn qt bs mdeteksi dini ada cedera pd tlng lunak kpl by? Tx

  248. Leni Susilowati September 29, 2009 at 7:51 am #

    kalo bikin pure kentang direbus dl ya, kalo pure wortel & apel gmn ya tips? tenkyu yah.

  249. Kemala September 29, 2009 at 4:49 am #

    sebelumnya terimakasi untuk tips nya…aku mo bertanya lagi,dok anak ku menyarankan untuk memberikan sufor setelah anak 6 bulan walau hanya 1 botol sehari untuk perkembangan otaknya??apakah benar?

  250. tipsbayi September 29, 2009 at 4:46 am #

    Kemala :

    Anda jangan terlalu khawatir dengan bekas biang keringat pada bayi Anda, karena bayi Anda masih kecil dan bekas biang keringat tidak akan terlihat berbekas bila bayi Anda beranjak dewasa..

    Apakah Anda telah membaca artikel tentang biang keringat pada bayi..? Ada baiknya Anda kunjungi dan baca di :

    http://www.tipsbayi.com/index.php/biang-keringat-bayi-penyebab-dan-cara-mengatasinya

    Untuk Anda yang menggunakan pemutih atau produk kecantikan lainnya yang dipakai diluar, ini akan berefek pada Anda saja tetapi tetap saja Anda harus berhati-hati jika kulit Anda (yang memakai kosmetik) kontak langsung (bersentuhan) dengan bayi Anda memang ini akan beresiko juga.., jadi hati-hati saja.. :-)

  251. tipsbayi September 29, 2009 at 4:24 am #

    bunda nabil :

    Sama-sama.. minal aidzin wal faidzin taqoballohu minna wa minkum.. :-)

    Anda bisa memberikan buah-buahan pada bayi Anda yang berumur 5 bulan yang rasanya manis dan seratnya lembut tidak kasar.., misal Anda bisa berikan jeruk baby atau jeruk medan (yang manis), apel, pepaya, pisang manis. Buah-buahan lainnya seperti melon, alpukat, semangka, pir, dan lainnya dapat diberikan mulai usia 6 bulan. namun hindari buah-buahan yang bergetah. Karena dapat menimbulkan diare seperti sawo, nenas, durian, mangga dan lainnya.
    Buah bisa diberikan dalam bentuk jus dan selanjutnya si buah hati bisa diperkenalkan ‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil sehingga bayi dapat makan sendir.

    Kentang dan labu dikukus memang lebih bagus tapi direbuspun tidak apa-apa, untuk mata berair Anda bisa konsultasikan dengan DSA sepertinya tidak ada efek dari elergi makanan, biasanya elergi makanan bisa terlihat dari BAB mencret atau gatal-gatal lebih jauhnya muntah-muntah..

    Untuk resepnya tunggu ya.. :-)

  252. tipsbayi September 29, 2009 at 4:00 am #

    muhammad :

    Hmm.., untuk saringan.. Anda bisa gunakan saringan kawat atau Anda juga bisa menggunakan blender saja :-)

    Makanan untuk bayi Anda kalau tidak di saring diblender saja, sama saja kok..

  253. Kemala September 29, 2009 at 2:45 am #

    Tips bayi yang baiiik..mo tanya,bagaimana cara merawat biang keringat sehingga hilang ..dan pertanyaan kedua, apakah ibu menyusui boleh memakai perawatan pemutih wajah, komposisi ada arbutinnya…??

  254. bunda nabil September 28, 2009 at 4:58 am #

    minal aidzin walfaidizin mohon maaf lahir & batin ya u/ semua kru tips.
    tips, saya mau tanya lagi nich… untuk buah segarnya buah apa ya yang bisa dikasihkan untuk bayi umur 5 bln?n gimana caranya, diblender diambil airnya aja atau gimana?untuk kentang, labu kuning dll lebih klo dikukus gimana? kan kalau ntar direbus apa vitaminnya g hilang bareng air?apa tanda2 alergi pada bayi karena mata kirinya sering berair dan menetes, apa itu pertanda alergi pada makanan yang saya kasih?n saya minta resep2nya donk untuk bayi umur 5 bln n tolong donk diemail?
    terima kasih banyak ya tips untuk semua tips2nya?

  255. muhammad September 27, 2009 at 6:59 am #

    hai tips, sorry aku baaru online neh.jadi saringan yang dipake saringan yang seperti apa? aku sering pake saringan untuk santan kelapa aku beli khusus untuk baby.kan kalo saringan yang seperti itu cuman air aza ampasnya ga ada.terus gimana dong??kasih info dong.thx

  256. tipsbayi September 22, 2009 at 3:44 am #

    muhammad :

    Selamat bergabung.. :-)

    Untuk bayi yang baru mengenal MPASI sebaiknya pemberian makan dimulai dari jenis makanan yang teksturnya cair/encer dan bertahap kekentalannya berubah menuju yang lebih kenyal atau keras..

    Menyaring tujuannya untuk memisahkan butiran atau gumpalan makanan yang belum larut dan teksturnya belum cocok dengan kemampuan pencernaan bayi..

    Bubur susu yang dijual diluar boleh saja Anda berikan pada bayi Anda, tetapi dengan memberikan bubur bayi yang segar buatan sendiri maka nilai gizinya akan lebih tinggi selain itu juga ikatan batin ibu dan anak akan semakin kuat karena kasih sayang ibu bisa lebih tercurahkan melalui pembuatan makanan untuk buah hati Anda .. :-)

  257. muhammad September 19, 2009 at 3:17 pm #

    tips,aku mo tanya neh.klo bubur susunya disaring kembali, berarti yang kita berikan ke baby kita cuman air donk????gimana klo bubur susu yang dijual di pasaran??

  258. muhammad September 19, 2009 at 3:08 pm #

    hai,,,,tips aku baru ikutan gabung neh

  259. tipsbayi September 15, 2009 at 3:09 am #

    Kei Delilah’s mom :

    Apakah Anda selalu menghadapi bayi Anda dengan tenang? Perlu diketahui bahwa watak bayi dibentuk oleh banyak faktor termasuk linkungan sangat berpengaruh sekali, bayi Anda akan banyak meniru apa yang terjadi disekelilingnya, melihat mendengar lalu meniru..

    Untuk itu agar tumbuh watak bayi Anda yang ceria dan tenang maka hadapilah dan ciptakanlah suasa ceria dan tenang agar suasana itu akan terduplikasi oleh bayi Anda.. :-)

    Bentuk kebiasaan-kebiasaan yang benar sejak dini, latih kemandirian anak dari kecil, adakalanya anak akan bereksplorasi dengan kemampuan barunya seperti teriak atau apapun, menangis adalah satu-satunya cara komunikasi bayi Anda maka Anda harus cepat tanggap apa penyebab bayi Anda menangis..itu semua perkembangan yang normal pada bayi Anda.. :-)

    Bermain..
    Selain menyelidiki lingkungannya melalui mainan dan benda-benda lain, bayi Anda juga perlu selalu berinteraksi dengan Anda. Cobalah dekatkan wajah Anda dengan wajahnya, ikuti mimik wajahnya dan suaranya yang dibuatnya tertawalah bersamanya.., bayi Anda juga sangat tertarik dengan kedua tangan dan kakinya, sentuhlah jari-jari tangan dan kakinya ketika Anda berbicara kepadanya..

  260. tipsbayi September 15, 2009 at 2:55 am #

    bunda nabil :

    Mohon maaf baru dibalas..

    Salah satu variasi resep untuk bayi Anda, BUBUR LABU KUNING :
    Bahan:
    50 gr labu kuning
    100 cc air matang
    1/2 sdm susu formula 1
    160 cc air hangat

    Cara membuat :
    Kupas labu kuning lalu potong kubus, rebus labu kuning hingga lunak angkat dan dinginkan, haluskan dengan blender lalu saring, seduh 1/2 sdm susu formula dengan 160 cc air hangat, campurkan larutan susu formula.. siap deh :-)

    Untuk Jadwal :
    Pukul 08.00 Bubur susu
    10.00 Buah segar
    12.00 Makan siang
    15.00 Buah segar
    17.00 Makan malam
    * di sela-sela waktu diatas bisa Anda berikan ASI sesuai permintaan bayi Anda ;-)

  261. Kei Delilah's mom September 12, 2009 at 12:26 am #

    Permainan&kegiatan ap sj yg bs dlakukn u/ bayi 5bl?

  262. Kei Delilah's mom September 12, 2009 at 12:21 am #

    Bayiq sdh5bl, skrg dia rajin triak2, suka nangis kl mainanx diambil, marah kl kmauanx g dturuti, sukanya dgendong berkeliling, rewel kl dtaro.. Ap smua pkembangn itu normal? Ap itu artinya dia bwatak pemarah? Bgmn crnya agar bayi bs tumbuh ceria&tenang?

  263. archer September 4, 2009 at 3:39 am #

    Makasih banyak infonya, bayi saya saat ini usia sudah 5 bulan dah sudah sangat “ngiler” kalau liat kami makan. Tapi konsul ke DSA-nya, sangat-sangat disarankan untuk menunda hingga lebih dari 6 bulan karena katanya enzim di usus bayi belum kuat. Trims

  264. bunda nabil September 2, 2009 at 2:38 am #

    Untuk pertama kalinya Nabil saya kasih MPASI saya kasih biskuit bayi campur surfor tiap pagi dan sore, Nabil kelihatannya suka tapi cuma 2 hari aja setelah itu dia kayaknya bosan. tolong dong dikasih variasi resep u/ umur 4 bln dan jadwal pemberian makanannya? thanks banget ya atas infonya dan saya tunggu resepnya

  265. Kemala September 1, 2009 at 10:46 am #

    terimakasih tips bayi…

  266. tipsbayi September 1, 2009 at 4:43 am #

    Kemala :

    Sepertinya bayi Anda sudah siap menerima MPASI Anda bisa teruskan pemberian biskuit atau variasi makanan yang lainnya, meskipun demikian ASI jangan dihentikan karena masih makanan utama bayi Anda.. :-)

  267. tipsbayi September 1, 2009 at 4:33 am #

    abi fathimah :

    Sepertinya untuk bayi Anda lebih tepat diberikan ASI saja sampai bayi Anda berumur 5-6 bulan atau sampai bayi Anda memperlihakan tanda-tanda siap menerima MPASI diatas..
    ;-)
    Dan memang benar adakalanya bayi seumuran bayi Anda senang bereksplorasi dengan ludahnya, itu biasa tanda bayi Anda berkembang kemampuannya..

    Untuk biang keringat pada bayi Anda sebaiknya Anda baca artikel lengkapnya di :
    http://www.tipsbayi.com/index.php/biang-keringat-bayi-penyebab-dan-cara-mengatasinya

  268. tipsbayi September 1, 2009 at 4:28 am #

    bunda nabil :

    Apabila memang nabil sudah memperlihatkan tanda-tanda seperti diatas, maka Anda bisa mencoba memberikan MPASI, bisa pure kentang atau pure pisang dan karena bayi Anda pertama mendapatkan MPASI maka susu campuran ( ASI atau sufor ) bisa diberikan lebih banyak agar rasanya tidak jauh beda dengan makanan pokok bayi Anda yaitu susu..

    Membuat bubur beras merah :

    1. Siapkan panci, campur tepung beras merah dan air sedikit demi sedikit. Jerang panci di atas api sambil diaduk hingga mendidh dan mengental. Angkat dan biarkan agak dingin.
    2. Tambahkan ASI atau susu formula bubuk dan aduk hingga tercampur rata. Sajikan segera..

    Membuat pure kentang/ wortel :

    1. Rebus kentang/ wortel hingga empuk
    2. Setelah empuk, angkat dan hancurkan menggunakan sendok
    3. Campurkan susu formula atau ASI

    Membuat pure pisang :

    Hancurkan pisang hingga lembut lalu campur ASI atau sufor..

    Jadi deeeeeeeh… ;-)

  269. Kemala August 31, 2009 at 5:29 am #

    bayi saya 5bln,krn saya sakit maag dan tdk bisa makan dlm wkt 1 hari,maka bayi saya dikadi milna biskuit bayi,setelah 1 hari saya sembuh dan dapat memberikan ASI lagi,apakah saya perlu memberikan biskut lagi seterusnya apa tunggu sampai 6 bln?dan juga bayi saya BAB nya cair jadinya dan peru telihat lebih kempes…dia senang sekali menghisap dan mengemut biskuitnya…

  270. tedy August 30, 2009 at 2:43 am #

    ;)

  271. abi fathimah August 27, 2009 at 8:00 am #

    slm,
    saat ini my baby umurnya 3 bln, Alhamdulillah sehat walafiat, sy & istri selalu mengikuti perkembangannya,saat ini pola tingkah lakunya seperti bayi berusia 5 bln,nah ada tanda2 yg blm sy pahami;seperti banyakx air liur yg secara sengaja dikeluarkan dr mulutx?itu ciri2 dr kondisi apa ya??, kedua,biang keringat itu bs diberikan apa ya biar bs hilang??,ketiga apakah sdh bs diberikan makanan tambahan seperti biskuit???

    trims sebelumnya.

    waslm.

  272. bunda nabil August 27, 2009 at 6:20 am #

    Bayi saya sekarang dah 4 bln, apakah dah siap dikasih MPASI, karena kalau saya lagi makan bayi saya lihat saya terus dan mulutnya kayak orang mengunyah makanan, apakah itu pertanda dia dah siap diberi MPASI?Klo ingin buat bubur sendiri dari beras merah, bagaimana ya caranya or mungkin ada resepnya dan amannya dikasih pada usia berapa?Bagaimana cara buat pure pisang, wortel dan kentang?untuk resep bubur susu dari tepung beras, apakah tepung berasnya bikin sendiri dari beras or beli ditoko misal merek rosebrand.
    terima kasih banyak atas resepnya n infonya

  273. tipsbayi August 27, 2009 at 3:44 am #

    adika putri :

    Rewel pada bayi tentu saja pertanda ada sesuatu yang dirasakan, bisa lapar, sakit, gatal dsb.., setelah Anda berikan biskuit rava jadi tidak rewel jadi kemungkinan rewel pertama adalah benar karena lapar, rava sudah waktunya mendapat MPASI..

    Setelah mendapat biskuit rava belum bisa BAB, jangan terlalu khawatir apabila masih bisa kentut, bisa saja rava rewel karena lapar..

    Tetapi apabila rava kelihatan tidak nyaman perutnya dan Jika Anda mendapati rava mengalami kondisi seperti berikut ini, maka segeralah periksakan ke dokter:

    1. Feses/kotoran yang keras
    2. Demam
    3. Terdapat darah pada kotorannya
    4. Berat badannya sulit naik

    Puasa hanya mengubah jadwal makan

    * Asupan makanan = saat tidak berpuasa

    * Gizi seimbang { 50% karbohidrat, 30% protein dan 10-20% lemak} yang didapatkan dalam 3 waktu yaitu 1. saat sahur 2. saat berbuka dan 3. menjelang tidur setelah sholat terawih.

    Supaya produksi ASI ibu berpuasa tetap lancar & berkualitas maka perlu memperhatikan:

    1. Asupan menu dengna gizi seimbang
    2. Perbanyak konsumsi cairan
    3. Isirahat yang cukup

    Perlu diingat.. semakin sering payudara dihisap oleh bayi maka produksi ASI akan semakin banyak. Jadi bila selama puasa Anda tetap rajin menyusui, ASI akan tetap lancar… :-)

  274. tipsbayi August 27, 2009 at 3:31 am #

    ade jegeg :

    Cara membuat bubur susu .. :-)

    bahan bubur :
    1. 1 sendok makan tepung beras merah / putih
    2. 150 ml air

    cara buat :
    1. larutkan tepung dengan air secukupnya
    2. sisa air direbus, setelah mendidih masukan larutan tepung beras merah / putih
    3. aduk merata sampai matang (apabila tidak diaduk tepung akan mengumpal dan dalamnya tidak matang )

    cara penyajian :
    1. siapkan ASI / SUFOR kurang lebih 100 ml
    2. campurkan bubur dengan ASI sesuai kemampuan baby untuk menelan dan kemampuan lambung untuk mengolah makanan sebaiknya pertama diberi seencer susu, selanjutnya kekentalannya bisa disesuaikan

    catatan :
    1. untuk 1 kali makan ( buburnya sekitar 3 sendok )
    2. diberikan dengan susu agar tidak memberikan rasa yang mencolok. sebab selama 6 bulan ini kan bayi Anda hanya mengonsumsi susu saja. Step by step susu bisa diganti dengan soup atau air biasa.

  275. adika putri August 26, 2009 at 5:39 am #

    plz helpppp..
    anakku rava umur 5 bulan krg smngg, sjk 3 mgg lalu srg rewel g jelas,pdhl sdh sya upayakn dgn sgala cra spt bermain,jln2 dll tp ttp g bhsl n ttp rwel..
    akhirny 3 hr lalu aku coba ksh biskuit susu original milna,trs smp skrg kok blm bs BAB y?tp kl kentut msh bs..trs rewel lgi,sya jd bgg ini rwel krn laper atau krn ada gangguan pncrnaan akbiat pmberian biskuit td??
    trz ap kl bunda ny puasa anak jd cnderung rewel ?
    ntk skdar info rva sdg g skt ap2 krn udh ak priksa head to toe..
    plz info ny yaaa…trims

  276. ade jegeg August 24, 2009 at 1:01 am #

    bagaimana cara buat bubur susu??

  277. tipsbayi August 21, 2009 at 3:25 am #

    Trias :

    Untuk pemberian vitamin sebaiknya Anda konsultasikan dan periksakan dahulu dengan DSA atau ahli gizi, karena setiap bayi akan berbeda kebutuhan jenis vitamin yang diperlukannya..

    Meskipun boleh memberi vitamin sebagai penambah nafsu makan, tetap harus dicari penyebabnya, kenapa bayi tidak senang makan? Karena anak, apalagi bayi, sulit makan bisa karena berbagai penyebab.

    Bayi usia 4 bulan yang baru dikenalkan makanan padat, misal, tentu perlu waktu lama untuk beradaptasi, pencernaannya juga baru belajar mencerna makanan dan bayi juga baru belajar mengunyah serta menelan. Jadi, hendaknya diteliti dahulu, benarkah bayi Anda tidak nafsu makan atau karena ada masalah lain yang berhubungan dengan proses mencernanya. Misal, bayi Anda memang belum terampil menelan atau tidak suka rasa makanannya.. :-)

    Pemberian vitamin yang berlebihan memang tak memberi efek samping
    yang buruk, karena kelebihan itu akan dibuang secara otomatis jika tubuh sudah merasa kebutuhannya tercukupi, tetapi tetap saja harus hati-hati, soalnya, kebanyakan vitamin bisa membuat bayi diare juga..

  278. Trias August 18, 2009 at 12:40 pm #

    Bayi usia berapa ya boleh diberi vitamin untuk nafsu makan? Bgm ciri2 vitamin yg aman untuk bayi? tb4

  279. tipsbayi August 18, 2009 at 4:27 am #

    Trias :

    Hmm.. kalau begitu harus hati-hati, berarti tbelum cukup dengan hanya melihat mereknya saja ya..? :-)

    Mata sering berair.. apakah Anda bisa pastikan mata bayi Anda tidak tersentuh sesuatu.. ? Misal ujung kain atau tangannya.. , apakah yakin ada perbedaan dengan mata yang satunya lagi..? Perlu Anda ketahui memang saking beningnya mata bayi maka kita sering melihat sepertinya berair.., tetapi berbeda apabila benar-benar berair, untuk memastikannya sebaiknya Anda hubungi DSA..

    Tria :

    Perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda-beda, ada yang cepat atau sedikit lambat, ini dipengaruhi oleh banyak faktor, bisa diantaranya berat badan .. ;-)

    Anda bisa melatihnya sedikit demi sedikit, dengan cara tengkurapkan bayi Anda setiap hari walaupun sebentar saja dan Anda tidak usah terlalu khawatir selagi perkembangan kesehatan bayi Anda baik-baik saja, bayi Anda tidak rewel dan masih senang ASI.. :-)

    Anda juga bisa baca artikel terkait :

    http://www.tipsbayi.com/index.php/waktunya-tengkurap

    lily :

    ASI masih makanan utama untuk bayi umur 5 bulan, hampir tidak ada bayi yang tidak senang ASI, tidak mencukupi apabila Anda hanya memberikan biskuit dengan air beras, apabila bayi tidak mau minum susu dan rewel itu satu pertanda bahwa bayi Anda merasakan sesuatu yang tidak enak pada dirinya.., begitulah cara bayi mengungkapkan perasaan.. :-)

    Solusinya sebaiknya Anda konsultasikan dengan DSA agar bayi Anda dapat diperiksa dengan akurat dan diketahui apa penyebabnya..

  280. lily August 16, 2009 at 9:59 am #

    bayi sy tgl 18 ini genap 5 bln. kurang lbh 2 minggu belakangan ini rewel bgt apalg klo mau tdr. kayaknya dia sdh tdk mau ASI lg (sblmnya ASI eksklusif). klo sy mau nete-in dia menolak, kepalanya di ksh kebalakang trus badanya dikerasin sambil teriak dan nangis2. apa itu tanda2 bayi sdh tdk mau ASI lg?? bayi sy jg tdk mau mnm susu formula. sy sdh mencb mengganti merk susu, mengganti dot-nya dgn yg rubber, bahkan sy menyuapi ASI dgn sendok ke mulutnya, semuanya dia ga mau. bgmn spy bayi sy mau mnm susu? sy br memberikanya biskut bayi di campur dgn air beras, apa itu cukup? trus klo mau tdr koq nagis2 (rewel) sampai tengah2 malam (jam 2-jam 3 br tdr)? thx..

  281. Trias August 15, 2009 at 1:31 pm #

    oh iya tips… bayiu usia 5bln terkadang mata sblh kanan berair dan air matanya netes.. knp ya? tb4

  282. tria August 15, 2009 at 8:19 am #

    mohon sarannya. anak saya 6 bln asi nya esklusif baru miring-miring blm tengkurap apakah normal sesuai perkembangan bayi

  283. Trias August 15, 2009 at 2:22 am #

    Saya banyak nemuin merk terkenal gak mencantumkan kode lho tips… Wah gmn nih?

  284. tipsbayi August 14, 2009 at 2:35 am #

    Trias :

    Dari PC gak apa-apa tetapi biar lebih tenang lebih baik kita cari yang ada kodenya .., biasanya produk yang bagus dan perusahaan yang bertanggung jawab akan mencantumkan kode pada produknya.. ;-)

  285. Trias August 13, 2009 at 7:23 am #

    Tips,tapi kebanyakan botol dari bahan PC, bgm? apa ini jg aman walo ga ada kode?

  286. tipsbayi August 12, 2009 at 3:47 am #

    Kei Delilah’s mom :

    Anda bisa mencoba mulai bayi berumur 7 bulan atau lebih.., sudah bisa digendong demikian atau digendong “pekeh”.. , Insya Allah gak bikin pipisnya susah kok.. :-)

  287. tipsbayi August 12, 2009 at 3:33 am #

    Trias :

    Botol kaca memang tidak akan kusam tetapi botol kaca memiliki kelemahan karena mudah pecah dan retak. Jika pecah akan sangat berbahaya bagi bayi Andal. Botol kaca juga mudah pecah atau retak ketika di sterilisasi, dan bisa saja pecahan kaca masuk ke dalam makanan bayi. Bila Anda akan memilih botol kaca, Anda bisa pilih botol kaca yang tebal (tidak mudah pecah)

    Botol plastik yang aman untuk si kecil adalah botol yang berlambang #2 HDPE, #4 LDPE and #5 PP. Plastik tersebut dibuat dari polypropylene atau polyethylene yang diketahui tidak melarutkan zat karsinogen, penyebab masalah kesehatan. Bila Anda akan memilih botol plastik untuk mengetahuiyang aman Anda tinggal melihat lambang #2, #4 dan #5 yang berada dibagian bawah botol.

    Agar botol yang digunakan bayi Anda aman, selalu sterilkan botol menggunakan air mendidih atau peralatan steril eletronik. Jika Anda menggunakan alat steril botol elektronik, bersihkanlah secara teratur. Periksa juga dot bayi, jika robek segera ganti karena bisa saja robekannya terlepas dan tertelan.. :-)

  288. Trias August 12, 2009 at 1:40 am #

    Tips, bgm ya kiat memilih botol susu yg aman? dari bahan plastik atau kaca/gelas? mengingat marak info ttg BPA , trus kelebihan dan kekurangan msg2 apa? apa bahan dari kaca klo sering direbus jg bs kusam? tq

  289. Kei Delilah's mom August 11, 2009 at 9:49 am #

    Bayi blh dgendong pake carrier(gendongan yg mirip kantung dg posisi bayi tegak) mulai umur brp? Sy kwtr slangkangannya skt tp bayiq kliatanx sneng skali dgendong gt. Kt ibu sy bs bkin pipisx ssh,ap bnr?

  290. tipsbayi August 11, 2009 at 4:26 am #

    Trias :

    Bila bahannya plastiknya sesuai dengan standar untuk penyimpanan makanan panas .. Insya Allah aman-aman saja .. ;-)

  291. Trias August 11, 2009 at 1:27 am #

    Termos makan dr plastik untuk simpan tim bayi biar hangat, kira2 aman ga ya? ktnya bs tahan smp 8 jam. Tq

  292. tipsbayi August 8, 2009 at 3:56 am #

    iya :

    Hmm.. untuk itu sebaiknya Anda baca artikel terkait di :

    http://www.tipsbayi.com/ruam_popok_bayi.html

    Semoga membantu.. :-)

  293. tipsbayi August 8, 2009 at 3:54 am #

    Trias :

    Insya Allah aman.. ;-)

  294. tipsbayi August 8, 2009 at 3:53 am #

    rina :

    Mencretnya sudah 1 minggu ya..? Untuk kasus seperti ini banyak kemungkinan penyebab bayi Anda mencret.., jadi sebaiknya Anda konsultasikan dengan DSA agar bayi Anda mendapatkan pemeriksaan yang akurat dan mendapat diagnosa yang tepat..

  295. tipsbayi August 8, 2009 at 3:50 am #

    farida :

    Anda kirim email.. Insya Allah kami kirim..

    Bila ASI selalu diberikan terus pada bayi Anda tidak diselingi oleh sufor biasanya bisa lebih lama bertahan banyaknya.., tetapi bila memang sudah tidak bisa di usahakan lagi (meransang dengan terus menyusui bayi Anda dengan ASI) ya.. mau gimana lagi selain memberikan susu formula meskipun kwalitasnya tidak bisa disamakan dengan ASI.. :-)

    Anda bisa memberikan tanda kasih sayang lain dengan cara memberikan MPASI dengan Anda buat sendiri.. ;-)

  296. tipsbayi August 8, 2009 at 3:41 am #

    Joko :

    Jelas berbeda pertumbuhan bayi dengan ASI dan dengan susu formula.. :-) , yang minum ASI sistem imun-nya lebih oke tetapi apabila perkembangan dan kesehatan bayi Anda baik-baik saja jangan terlalu khawatir.., selama bayi masih nyusunya kuat dan tidak rewel..

    Anda bisa berikan MPASI dengan cara bertahap, bisa mulai dari bubur susu, Anda bisa bikin sendiri atau menyajikan yang instan, berikan makanan yang kaya gizi dengan jadwal makan yang teratur.., perlu diperhatikan bahwa ASI/ sufor masih tetap diberikan karena masih makanan utama bayi Anda.. :-)

  297. Iya August 7, 2009 at 3:44 pm #

    Anak saya skrg baru berusia 10 hari,dia mengalami ruam disekitar organ vitalnya,saya berusaha utk selalu mengganti popoknya setiap kali basah,ttp mengapa tetap muncul ruam ya,oya saya membersihkan dgn tisu bsah tanpa alkohol,maaf ya klo pertanyaannya agak diluar topik,thanks

  298. Trias August 7, 2009 at 1:27 pm #

    Klo memanaskan makanan bayi pake bhn stainless steel ato aluminium aman ga?

  299. rina August 7, 2009 at 6:30 am #

    anak saya umur 5bln lebih 6 hari sudah saya kasih mpasi dr umur 4bulan awal nya tidak mencret tp sudah seminggu ini mencret setelah di beri mpasi 1bulan ap kah alergi makanany tolong bantu tips mksh lo

  300. farida August 7, 2009 at 5:49 am #

    Dear tips bayi terima kasih ya atas tips2 yg slalu dikirimkan.
    Boleh gak aku minta dikirimin resep makanan bayi ke email saya ???
    skalian tanya, bayiku hampir 6 bulan tapi sudah tidak minum ASI karena ASIKU sudah tidak keluar, gmn ya??? aku khasian sama anaku.

  301. Joko August 7, 2009 at 4:01 am #

    Anak saya dari umur 2bulan tidak minum ASI lagi, jd skrg minum susu formula. Sekarang umurnya sdh jln 6bln. Yang saya tanyakan dari umur 2bulan tdk minum asi lagi apa tidk berpengaruh pada perkembangan fisiknya. Dan makanan apa yg harus sy berikan?

    Thank’s

  302. tipsbayi August 7, 2009 at 3:53 am #

    Trias :

    Anak-anak, terutama bayi yang masih dalam kandungan dan bayi yang baru lahir, memiliki risiko yang paling besar terhadap bahan kimia BPA. Hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang dapat berdampak selama periode emas pertumbuhan anak, meskipun akibatnya tidak langsung tampak.

    Banyak sekali botol-botol dan alat makan maka untuk menghindari atau meminimalisir dampak BPA pada si kecil kami berikan beberapa tips berikut:
    * Hindari penggunaan botol polikarbonat yang mengandung BPA. Sebagai gantinya gunakan botol bebas BPA, atau botol yang terbuat dari gelas/kaca.
    * Ketika membeli botol plastik, pilihlah botol yang menggunakan polypropylene/polyethylene, yang tidak keras dan tidak mengkilat.
    * Carilah tanda “BPA-free” pada kaleng atau botol susu yang Anda beli.
    * Hindari pemberian teether berbahan plastik/vinyl pada bayi.
    * Hindari memanaskan makanan dalam wadah plastik karena dapat memicu pelepasan BPA. Sebagai gantinya, gunakanlah wadah gelas/kaca atau keramik.
    * Cucilah botol dan wadah plastik dengan spons agar tidak merusak lapisan plastiknya.
    * Belajar membaca kandungan dalam plastik. Singkirkan produk plastik yang mengandung bahan-bahan seperti DBP dan DEP, DEHP, DMP. Gunakan polyethylene (#5), dan hindari polikarbonat (#7).
    * Jangan gunakan lagi botol plastik atau alat makan yang sudah tergores/rusak atau kusam.

  303. Trias August 6, 2009 at 2:35 pm #

    Bgm memilih tempat makan bayi yg aman? kan kebanyakan dari plastik tuh? ada merk tertentu yg aman ga? apa betul yg bisa digunakan tertera angka 5 dibwh kemasan? Tq

  304. tipsbayi August 6, 2009 at 4:26 am #

    inda :

    Apabila memang bayi Anda sudah terlihat siap menerima MPASI dan tanda-tanda di atas terlihat pada bayi Anda.., boleh saja.. :-)

    Memang banyak para ibu yang memberikan MPASI mulai dari bayi umur 4 bulan, meskipun anjuran dokter diberi sejaj bayi umur 6 bulan..

    Tetaplah memberikan ASI meskipun telah diberi makanan tambahan karena ASI makanan yang utama bayi Anda..

  305. tipsbayi August 6, 2009 at 4:22 am #

    Dian :

    Alergi itu kan merupakan suatu reaksi berlebihan tubuh terhadap protein tertentu, nah salah satunya adalah protein yang terdapat pada susu, alergi biasa ditandai dengan sering buang air besar sampai gatal-gatal. Memang bayi yang baru lahir sampai dengan usia kurang dari 2 tahun memang rentan terkena alergi susu sapi.

    Jadi sepertinya pilek bayi Anda adalah pilek biasa, diberi pisang boleh saja bila tidak elergi pisang.. ;-) bayi yang alergi susu sapi, bisa dipastikan ia akan elergi terhadap semua produk turunannya, termasuk keju tapi tidak termasuk pisang..

  306. inda August 5, 2009 at 4:06 am #

    halo tipsbayi mau nanya ni, baby saya umur 4 bln,apa bisa diberikan makanan pendamping MPASI. karena skrg saya sudah memberikan MPASI yaitu Cerelac Pisang susu.tapi buang airnya lancar.

  307. Dian August 4, 2009 at 5:33 am #

    trs kalau anak alergi boleh di beri pisang ?

  308. Dian August 4, 2009 at 5:32 am #

    Dear tips…
    anak aku skrg umur 5 bln , dia alergi pertama dia aku beri susu nutrilon soya setelah umur 4 bln aku ganti susunya dengan nutrilon royal trs sekarang dia pilek , apa pengaruh dr susunya atau hal lain sudah aku bawa ke dokter tapi blm sembuh smp skrg ?

  309. tipsbayi August 3, 2009 at 4:13 am #

    Trias :

    Betul..ditambah susu, Pisang yang bisa Anda berikan bisa pisang ambon, pisang raja, pisang sukabumi, pokoknya pisang yang rasanya manis..

    Yang tanggal 29 ya…
    1. Untuk tisu basah khusus bayi boleh digunakan asal tidak terlalu sering, Ada produk tisu basah yang menggunakan cairan alkohol dengan konsentrasi yang sangat sedikit. Frekuensi pemakaian yang tidak terlalu sering masih aman buat bayi. Tapi bila keseringan, bisa menimbulkan efek negatif bagi kulit yang masih sensitif, misalnya iritasi. Jadi untuk bayi, pilih tisu basah yang tak mengandung alkohol.

    2. Untuk perkenalan MPASI bisa diberikan 2 kali sehari, nantinya bisa ditambah menjadi 3 kali dengan jadwal makan buah.. :-)

  310. wawan setiawan August 1, 2009 at 9:43 am #

    Dear tips………..
    selain diberi MPASI , apakah bayi usia 5 bulan sudah boleh di berikan rodi pessting..? trims, ditunggu jawabannya.

  311. Trias August 1, 2009 at 6:44 am #

    pertanyaanku yg tgl 29 lom dijwb tips… he3 kebykn tanya kali ya… jd sering keselip…

  312. Trias August 1, 2009 at 6:36 am #

    Tanya lagi ya tips…
    Klo buat pure pisang itu apa juga ditambah susu? jenis pisang apa yg boleh dikonsumsi?

  313. tipsbayi August 1, 2009 at 4:47 am #

    Trias :

    Tidak perlu khawatir dengan hal ini, karena biasa dialami oleh bayi.

    Yang perlu dilakukan Anda :

    1. Menjaga suhu ruangan bayi agar tidak terlalu dingin atau panas
    2. Hindari hembusan angin.
    3. Biarkan kulit kering tersebut mengelupas dengan sendirinya.

    Kulit kering ini biasanya akan membaik sendiri .. :-)

  314. kenz July 31, 2009 at 5:59 am #

    maaf lupa,mau tanya lg.skrg kan baby saya sdh mpasi tu…lidahnya perlu di sikat gak?krn pas minum susu dokter anak saya wanti2 supaya lidahnya jangan di gosok.thx

  315. kenz July 31, 2009 at 5:49 am #

    dear tips baby
    tadi saya baca balasan anda ke nita…Jangan bubuhi perasa(garam dan gula).kenapa ya gak boleh…?trus kalau gak ada garam kan mana enak tawar…masalahnya baby saya kalo gak ada rasa gak mau makan,kemarin saya baru mencoba untuk memberi mpasi pertama,dengan bubur…kurang asin dia menangis…gak mau.trus supaya bubur ada rasa dan enak gmn caranya?terimakasih

  316. Trias July 31, 2009 at 3:10 am #

    Tips, kok bayiku pada daerah punggung dan belakang telinga kulitnya mengelupas ya? apa krn kepanasan ato efek dari sabun?

  317. tipsbayi July 31, 2009 at 2:36 am #

    nita :

    Bila memang bayi Anda sudah memperlihatkan tanda-tanda siap menerima MPASI boleh-boleh saja Anda berikan, meskipun banyak para ahli menyarankan pemberian MPASI sebaiknya setelah umur bayi 6 bulan..

    Sebaiknya makanan padat yang pertama kali diperkenalkan adalah makanan dari bahan beras atau cereal, untuk jenis buah pertama kali berikan pure pisang.. :-)

    Yang perlu diperhatikan JANGAN membubuhi perasa tambahan untuk makanan bayi Anda seperti gula atau garam sebelum bayi Anda berumur 1 tahun..

  318. nita July 30, 2009 at 8:26 am #

    hai tip bayi,
    bayi sekarang 4 bulan tanggal 4 aug baru 5 bulan. Tapi rasanya saya pingin memberikan dia makanan karna suami saya jika makan buah sudah mencoba kebibir bayi dan responnya dia menikmati. Apakah anak saya sudah bisa diberikan buah dan buah apa yang harus saya berikan agar tidak menggangu pencernaanya, makasih

  319. tipsbayi July 30, 2009 at 4:14 am #

    Ayah Rifa :

    Apabila Rifa masih kenceng minum susunya dan tidak rewel.. Anda jangan terlalu khawatir.., Insya Allah sehat-sehat saja.. :-)

  320. epi July 30, 2009 at 4:05 am #

    Dear tips, bayi aku sekarang sudah berumur 9 bulan, makannya doyan, susunya juga. tapi koq badannya ga gemuk2 ? knapa y?? ada tips ngga supaya bayi gemuk, kan lucu dilihatnya..terima kasih

  321. Ina July 30, 2009 at 3:23 am #

    dear tips bayi……
    thanx ya atas tips nya yang jitu, tp ad mo ak tanyain nie, sehabis akan pagi, boleh gak klo anakku yg sekarang berusia 6 bln di beri cemilan berupa biskuit or makanan bayi lainnya sembari menunggu makan siangnya.
    makasih

  322. Trias July 29, 2009 at 1:07 pm #

    1. Apabila bepergian boleh gak pake tisue basah untuk membersihkan BAB bayi?
    2. Pertama mengenalkan MPASI diberikan berapa kali dlm sehari?

  323. Ayah Rifa July 29, 2009 at 6:30 am #

    halo tipsbayi, mau tanya nih. Bayi kami umur 2,5bln dari kecil selain di kasih ASI kami kasih susu bayi juga, tp sudah satu minggu sekarang ini BAB-nya mencret 2-3x sehari. Kalo dilihat bayinya sih biasa2 ja malah ketawa2 ja kalo di ajak ngomong. Kenapa n bahaya ga ya? Makasih

  324. tipsbayi July 29, 2009 at 4:39 am #

    kenz :

    Apabila memang bayi Anda sudah terlihat siap menerima MPASI dan tanda-tanda di atas terlihat pada bayi Anda.., boleh saja.. :-)

    Jeruk manis ( jeruk baby ) boleh Anda berikan pada jadwal makan siang bayi Anda.., perlu diperhatikan jus untuk bayi Anda jangan dulu dibubuhi gula..

  325. tipsbayi July 29, 2009 at 4:33 am #

    Dian :

    Cara membuat pure kentang :

    1. Rebus kentang hingga empuk
    2. Setelah empuk, angkat dan hancurkan menggunakan sendok
    3. Campurkan susu formula atau ASI
    Jadi deeeeeeeh… ;-)

  326. kenz July 29, 2009 at 1:57 am #

    teimakasih…infonya sangat berguna.tapi jika seandainya bayi blm 6 bln trus dia sudah menunjukan tanda2 siap makan apa boleh dikasih mpasi?trus kalo jus jeruk u/ bayi 4 bln blh tidak ya?terima kasih sblnnya.

  327. Dian July 28, 2009 at 4:34 am #

    bagaimana cara buat pure kentang ?

  328. tipsbayi July 28, 2009 at 4:20 am #

    Papa Rangga :

    Boleh juga usulnya.. :-) Akan kami pertimbangkan..

  329. dwi fifi suryani July 28, 2009 at 3:29 am #

    terimakasih sekali pada tips bayi…
    tips-tipsnya memberikan informasi penting pada saya untuk merawat anak saya
    klo sdh lahir, tapi pas saya mo pesen buku kok susah dapatnya yah…
    mohon diberikan kemudahan lagi…
    Terimakasih

  330. mamasheyla July 28, 2009 at 1:58 am #

    anak saya 7 bulan buang airnya ko sering banget bisa sampai 5 kali sehari……………..??? emang sih kuat makan…. gimana ne..

  331. hefnita July 27, 2009 at 6:52 am #

    artikel ini yang saya tunggu karena anak saya sekarang usianya 5 bulan 14 hari,udah saya cobakan MPASI walau deg2an jg karena katanya harus 6 bln dulu,saya kasih sereal plus susu,tapi anak saya suka mempermainkannya di tenggorokannya hingga menimbulkan bunyi,apa berarti anak saya belum siap makan,o ya BAB anak saya berwarna hijau ,apa jg karena makanan ya,mks untuk tips bayi

  332. ika July 27, 2009 at 6:19 am #

    makasih byk infonya. anakku skrg uda 9bl, tolong kasih tips dong bagaimana mengatasi anak yg susah makan. thx

  333. Papa Rangga July 27, 2009 at 4:48 am #

    Makasih skali ya untuk tips bayi…dengan adanya tips bayi saya jd tahu bgmn caranya memperlakukan buah hati saya, oh iya, mama Rangga dirumah saja trus ga online dirumah makanya papa Rangga yang online terus..

    Usul nih..boleh ga misalnya imel dn info yang dikirim runut dari 1 bulan sampe seterusnya

    makasih

  334. tipsbayi July 27, 2009 at 4:26 am #

    Trias :

    Anda bisa berikan bubur susu atau biskuit bayi+susu, perhatikan reaksinya setelah pemberian MPASI. Jika tidak ada gangguan pencernaan atau tanda-tanda alergi, maka menunya bisa Anda teruskan…

    Untuk perawatan perlengkapan makan tidak jauh berbeda dengan perawatan botol susunya, yang jelas untuk pencuciannya akan lebih mudah kan..?

    Bubur bisa disimpan dalam lemari es bila akan disajikan bisa dihangatkan kembali, Anda bisa lihat dari rasa dan bau makanan apabila tidak berubah berarti oke-oke saja diberikan pada bayi Anda.. , di magic jar bisa di sajikan sore..

    Kami tidak bosan kok… ;-)

  335. galuh July 27, 2009 at 4:12 am #

    Tips yang baik, saya pernah dengar jika mknn mulai diberikan pd bayi usia di bawah 6 bulan saat besar akan mengalami penyakit yang ternyata berhubungan dengan masalah pencernaan,benarkah demikian?mohon penjelasannya,trims

  336. Ahmad Hidayat July 27, 2009 at 2:27 am #

    Terima kasih ats artikelnya! Bayi kami sekarang sudah berusia 6 bulan 14 hari. Apa yang dipaparkan telah kami lakukan berkat artikel-artikel dari Tips Bayi sebelumnya. Penjelasan tentang tumbuh kembang otak bayi, mendorong kami mengajaknya mengobrol, bercerita, atau bermain sesering yang kami bisa. Hasilnya telah kami lihat sekarang, Fahmi, anak kami dapat merespon dengan “taraf usia bicaranya” bila kami atau bahkan orang lain mengajaknya mengobrol. Terima kasih!

  337. Trias July 25, 2009 at 1:36 pm #

    Ada yg kelupaan…
    Mohon diberikan jadwal menu pemberian MPASI untuk 6 bln keatas.
    Tim Saring (misal : beras, wortel, bayam, kuning telur) apa boleh sekali dibuat dan sisa disimpan di Magic jar / lemari es untuk diberikan sore hari? Thanks ya…

  338. Trias July 25, 2009 at 1:02 pm #

    Dear Tips, sebetulnya MPasi pertama yg aman diberikan itu biskuit+susu / bubur susu / juss buah sih…? trus cara merawat perlengkapan mknnnya apa jg hrs direbus seperti botol ? jus ato bubur sayur yg sdh dibuat blh bertahan brp lama disimpan di lemari es?… maaf byk pertanyaannya… jgn bosan yach…

Leave a Reply