Perchlorate dalam Susu Formula

Apa Itu Perchlorate?

Perchlorate merupakan unsur kimia yang dapat terbentuk baik secara alami, maupun melalui proses produksi oleh manusia. Perchlorate telah digunakan lebih dari setengah abad sebagai obat untuk mengobati penyakit gondok. Ammonium perchlorate biasa digunakan sebagai bahan bakar roket, sedangkan lithium perchlorate biasa digunakan sebagai cadangan oksigen pada kapal selam dan pesawat luar angkasa.

Lalu, apa hubungannya dengan susu formula?

Sebuah penelitian yang dilakukan di negeri Paman Sam beberapa tahun yang lalu telah mengungkapkan bahwa ternyata hampir setiap orang di negerinya secara rutin selalu berhubungan dengan perchlorate tingkat rendah. Mereka mengkonsumsi sejumlah kecil perchlorate yang terkandung pada makanan, susu, serta air yang mengandung unsur kimia tersebut. Penelitian ini juga menemukan “jejak” perchlorate pada ASI dan susu formula.

Apa Bahaya Perchlorate?

Memang perchlorate tidak akan berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang kecil. Namun, jumlah banyak perchlorate dapat menghilangkan kemampuan kelenjar tiroid untuk menggunakan iodine. Padahal, kelenjar tiroid memerlukan iodine ini untuk memproduksi hormon tiroid dan hormon ini sangat penting perannya dalam pembentukan janin dan bayi, serta membantu mengatur pemakaian energi oleh tubuh.

Efek bahaya perchlorate akan muncul pada tingkat ribuan kali lipat dari kandungan perchlorate yang terdapat pada ASI dan susu formula.

Berdasarkan penemuan ini, para peneliti kemudian menentukan tingkat perchlorate yang masih aman untuk dikonsumsi sehari-hari, yang nantinya diperkirakan tidak akan menimbulkan penyakit di masa depan kehidupan seseorang.

Lalu, Amankah Susu Formula Bayi Anda?

Jangan khawatir, walaupun semua susu formula yang diteliti di Amerika sana ditemukan mengandung perchlorate, namun ternyata jumlahnya tidak sampai pada tingkat yang bisa membahayakan bayi Anda, baik untuk jangka pendek, maupun untuk jangka panjang.

Namun tentu saja berbagai penelitian lanjutan akan terus dilakukan, terutama untuk melihat seberapa banyakkah perchlorate yang diserap oleh bayi melalui susu formula.

ASI Tetap yang Terbaik

Penelitian ini semakin menguatkan bahwa ASI merupakan asupan terbaik yang dapat diperoleh oleh bayi. Seorang ibu yang menyusui bayinya, memiliki resiko lebih kecil untuk terkena kanker payudara, kanker ovarium dan diabetes tipe 2.

Jika karena suatu hal bayi Anda hanya bisa meminum susu formula, maka para ahli menyarankan untuk memilih yang mengandung iodine, untuk menekan potensi efek negatif yang dapat ditimbulkan oleh perchlorate.

 

Artikel yang berhubungan:

  1. Bayi Alergi Susu Sapi
  2. Nitrat dalam Sayuran
  3. Racun Dalam Produk Mandi Bayi

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

41 Responses to Perchlorate dalam Susu Formula

  1. sussysituju July 5, 2012 at 4:28 am #

    dear tips bayi….
    Senang bisa gabung d sini,sebelumnya salam kenal ya… :-)
    aq pingin tanya,kebetulan aq baru punya baby sekarang umurnya sudah 3 bulan,aq sudah aktif masuk kerja lagi,sementara aq kerja,babyq di rawat ama baby sister,jadi sekarang babyq minum sufor.
    Yang ingin aq tanyain,aq pingin kasih ASI Ekslusif sampai 2 tahun nanti selain sufor,tapi ASIq ga bisa keluar lancar,soalnya dulu waktu habis melahirkan,aq sempet menyusui tapi cuman 2 mingguan,terus aq sempet sakit dan kakak menyarankan untuk men-stop aq kasih ASI,sampai pada suatu ketika babyq kena alergi pada kulitnya dan aq bawa ke dokter anak spesialis kulit, aq di suruh kasih ASI lagi,aq juga konsultasi ke dokterq soal penyakitq lalu kata beliau aq masih boleh menyusui lagi,lalu aq coba menyusui lagi,babyq masih mau,tapi ASIq uda ga bisa keluar lancar lagi seperti dulu setelah berhenti 1,5 bulan,aq juga uda coba minum obat pelancar ASI, tapi ASIq masih ga bisa keluar lancar,bagaimana ya tips bayi cara agar ASIq bisa lancar lagi.?,karena aq ingin kasih babyq ASI juga selain sufor,karena aq merasa klo ASIq saja ga lancar bagaimana kebutuhan susu babyq tercukupi,sedangkan babyq sekarang lagi banter2nya minum susu,sebelumnya terima kasih dan maaf klo tulisanya panjang lebar :p

    • tips-bayi July 8, 2012 at 8:04 am #

      @ sussysituju,

      Salam kenal juga, kami juga senang Anda bisa gabung di sini.. ;-)

      ASI Anda masih keluar walaupun sedikit ya..? Susukan saja terus.. ! Ingat.. produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Yang tidak kalah pentingnya : Anda harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun… ;-)

      Selagi Anda bekerja juga Anda bisa tetap memberikan ASI pada buah hati Anda. Yaitu dengan memberikan ASI yang diperah atau dipompa dan di simpan di freezer, lalu di hangatkan dengan merendam pada air panas ketika akan diberikan pada bayi Anda..

      • susi lastuti March 8, 2013 at 8:27 am #

        Hai tips bayi
        Anak q umurny 2bln8hr bb 4,2kg, tb 57, apkh normal bb n tb ??ã ? Bln pertama naik 6 ons, bln k 2 naik 8 ons, bb lahir 2,8kg, ASI exslusif.

        • tips-bayi March 13, 2013 at 2:33 am #

          susi lastuti

          Bun BB bayinya termasuk NORMAL.. karena termasuk 85% BB normal untuk bayi Indonesia..

  2. fanny June 12, 2012 at 7:17 am #

    bayi saya umur 5m 5d,msh asix yg saya mau tanya brp cc asip yg hrs dikonsumsi bayi saya.sejak 4m 3w saya berikan 6x minum @ 70-90cc.tp selama saya dirumah disusuin langsng.mohon penjelasannya

    • tips-bayi June 25, 2012 at 5:57 am #

      @ fanny,

      Minum susunya cukup.. Sebenarnya, selain ada jadwalnya.. berikan juga ASI sesuai permintaan. Jika setelah lebih dari 6 bulan kebutuhan susu semakin berkurang karena anak sudah mengenal makanan sehingga cukup diberikan 300 – 400 cc per hari..

      Apabila masih memungkinkan sebaiknya Anda berikan ASI pompa atau perah yang disimpan sementara di lemari es dan diberikan pada bayi Anda ketika Anda tidak ada di rumah oleh anggota keluarga yang lain.. setelah dihangatkan tentunya.. ;-)

      Dan.. Pertahankan pemberian ASI sampai usia 2 atau 2,5 tahun.. Perlu diingat.. Kandungan gizi ASI dengan sufor sangat jauh.. Meskipun susu formula terlihat bisa mengganti ASI, akan tetapi Susu terbaik untuk bayi Adalah ASI.. Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI..

      Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

      ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

      Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

      Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

      Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

      Anda bisa baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

  3. azzam April 22, 2012 at 5:53 am #

    hi tips bayi,saya senang sekali membaca artikel di blog ini,saya pengen sekali mendapatkan flashcard,tetapi,jarak kami tinggal di saudi arabia,bagaimana kami bisa memesan dan dikirim kesini,trimz

    • tips-bayi May 2, 2012 at 4:40 am #

      @ azzam

      Bisa saja, tapi mungkin ongkos kirimnya mahal.. ;-)

  4. bunda gavin April 12, 2012 at 2:35 pm #

    hai tips bayi..

    mu tanya dunk…………..boleh g c dedek usia 3,5 bulan diberikan prolakta sehari 1x……….trus boleh g dedek diberikan sufor,krn saya tkut gizi c dedek g kcukupan….mkcih tipz bayi

    • tips-bayi April 19, 2012 at 2:44 am #

      @ bunda gavin

      Untuk pemberian vitamin apa saja, sebaiknya Anda konsultasikan pada DSA. Karena setiap bayi akan berbeda jenis vitamin yang dibutuhkannya..

      Dan saran kami, sebenarnya tidak harus memberikan suplemen yang macam-macam. Dengan ASI dan makanan bergizi sudah modal besar untuk mencetak anak sehat..;-)

  5. bunda gavin April 10, 2012 at 2:05 pm #

    hai tips bayi…..

    mu tanya nih…….baby saya kan diberi asi juga sufor,nah kadang2 dedek mengalami sembelit,fesesnya hijau kuning,dan juga agak keras,apa gpp tuh? trus krn takut si dedek kurang gizi saya tambahkan aja sufor setiap kali dedek mimik asi,apa kah itu g masalah?trus si dedek kan juga diberi prolacta, apakah ada efect buruk jika dedek stiap harinya diberikan prolacta sehari 1x.trimakasiih tipsbaby atas informasinya.

    • tips-bayi April 18, 2012 at 3:48 am #

      @ bunda gavin,

      BAB hijau masih normal tetapi tidak boleh terus-menerus muncul seperti itu, berarti makanan atau sufor yang bayi Anda konsumsi mempunyai kandungan gula & laktosa tinggi tapi rendah lemak.. Atau bila bayi disusui ASI berarti cara ibu memberikan ASI kurang tepat/belum benar (yang terhisap oleh bayi hanya foremik saja, dimana sibayi selalu mengisap ASI depan terlebih dahulu yang mempunyai kandungan gula & laktosa tapi rendah lemak yang membuat bayi cepat lapar kembali & ASI belakang yang mengandung banyak lemak akan terhisap setelah foremik habis, padahal hidmik (ASI belakang) inilah yang membuat feses bayi menjadi kuning.. ;-)

      Maksud Anda pemberiannya dicampur juga..? ASI dicampur dengan sufor dalam satu dot sebenarnya boleh-boleh saja, seperti nantinya bila bayi Anda sudah mendapatkan MPASI maka ASI dapat dijadikan sebagai susu pencampur MPASI-nya.. Hanya sufor + ASI rasanya bagaimana? apakah bayi Anda suka?.. Sebaiknya Anda berikan satu-satu saja.. ;-)

      Perlu diingat.. Kandungan gizi ASI dengan sufor sangat jauh.. Meskipun susu formula terlihat bisa mengganti ASI, akan tetapi Susu terbaik untuk bayi Adalah ASI.. Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

      Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

      ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

      Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

      Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

      Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

      Anda bisa baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

      Oh ya.. Untuk pemberian vitamin apa saja, sebaiknya Anda konsultasikan pada DSA. Karena setiap bayi akan berbeda jenis vitamin yang dibutuhkannya..

      Dan saran kami, sebenarnya tidak harus memberikan suplemen yang macam-macam. Dengan ASI dan makanan bergizi sudah modal besar untuk mencetak anak sehat.. ;-)

  6. mama'nya rierie March 4, 2012 at 8:05 pm #

    assalamu’alaikum

    Bunda sy mau tanya nih.
    Bayi sy sudah di kasih sufor dari sejak lahir,karena ASI sy tidak keluar pertama melahirkan.
    tp setelah 1hari ASI sy baru keluar,kemudian riri sy kasih ASI tp tetap sy kasih sufor juga karena di umur 3 bulan sy harus kembali bekerja.Sampai sekarang usia nya 10bulan riri masih ASI dan sufor.Tp sekarang ditinggal sy bekerja 10 jam sufor nya tidak lebih dari 300cc/10 jam karena dia sudah makan dan juga suka nyemil.sisa jam nya ASI
    Menurut bunda itu baik ato bgmn?

    mksh

    • tips-bayi March 9, 2012 at 3:41 am #

      @ mama’nya rierie,

      Hmm.. karena mama rierie kasih rierie sufor.. jadi produksi ASI-nya jelas akan berkurang.. karena produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi, dan jika dalam pikiranAnda ada pemikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun… ;-)

      Sudah wajar.. jika bayi sudah mendapatkan MPASI, maka nafsu minum susunya akan sedikit berkurang. Jika mau.. Anda tetap usahakan berikan ASI untuk miminya.. dan sufor Anda campurkan ke dalam MPASInya agar produksi ASI tetap stabil.. ;-)

  7. gavin nosika February 27, 2012 at 8:19 am #

    tipsbayi tanya dunk,,,knp y baby saya tuh g mau nenen asi langsung dari payudara,tapi minta d tempatin di botol,apa gpp,cara biar baby mau nenen asi langsung dari payudara bagaimana ya,timakacih

    • tips-bayi March 5, 2012 at 3:53 am #

      @ gavin nosika,

      Sepertinya bayi And mengalami Bingung Puting.. Bayi yang diberi susu botol atau empeng terlalu dini (sebelum 2 minggu) mungkin menolak menyusu karena kesulitan menguasai teknik mengisap payudara – yang sangat berbeda dengan mengisap dot.. ;-)

      Untuk itu Anda perlu tetap membiasakan memberikan ASI langsung meskipun agak sulit, akan tetapi jangan sampai terlalu memaksa yang nantinya akan menyebabkan trauma juga.. Berikan ketika bayi Anda dalam keadaan tenang.. Jangan panik, karena hanya akan memperburuk suasana, bahkan produktifitas ASI bisa berkurang apabila Anda panik dan stress..

      Tenangkan bayi Anda, ajak komunikasi dengan senyuman, meskipun sebenarnya dengan botol juga bayi Anda tetap mendapat asupan, hanya saja dekapan dari Anda sangat diperlukan sekali. Maka meskipun misalnya pada akhirnya Anda memilih untuk tetap memberikan dengan botol, berikan dengan cara mendekap bayi Anda dalam dekapan Anda seperti Anda memberikan ASI.. ;-)

  8. lusiana February 23, 2012 at 5:05 am #

    mau tanya apa benar nafas bayi klo bunyi “grok-grok”itu akibat dr ibu yg punya riwayat alergi mkanan?(anakku2m2w)dan asiX.thx

    • tips-bayi February 28, 2012 at 2:08 am #

      @ lusiana,

      Belum tentu bu.. Bunyi grok-grok tersebut bisa dahak atau reak. Nafas grok-grok seperti itu juga bisa kemungkinan masih adanya cairan sisa persalinan pada bayi Anda. Dengan cara dijemur pagi dengan ditidurkan miring cairan biasanya akan keluar… Bisa dengan memberikan kehangatan pada dada dan punggung bayi Anda, ini salah satu cara alternatif yang bisa Anda lakukan .. ;-)

  9. bunda javas February 3, 2012 at 1:52 pm #

    pokoknya ASI is the best for the best gift (our baby)…!!!!!! :)

  10. ummu nusaibah January 29, 2012 at 2:43 pm #

    Apa benar tnda2 si ibu ada ASI mk payudaranya mengeras,jg ada smacam aliran asi (terasa spti listrik yg menjalar) dri punggung/bahu smpai ke pyudara???
    Alhmdulillah sy bisa kasih asi ke nusaibah (putri sy) yg bru berusia 15hari, walau kdang rasanya asi sy agak kurang mckupi smpai puas, hal itu trlihat ktika payidara sy tdk lg keras dia mulai gelisah smbil menangis kecil. Syukur klo lg gtu dy mau lgsg tidur, tp klo ga mw tidur sy kasih air madu aja :’(
    Sy mau tanya, apa tnda2 kluarx asi diatas itu benar?
    Klo mmg benar, knpa ya stelah lama ato bbrpa kali myusui pyudara sy tdk keras lg n sprtinya asinya mulai sdkit?..trz utk keras lg btuh wktu agak lama, shgga kadang nusaibah bangun minta susu tp asinya sdikit (mgkin krn blom mengeras).
    Satu lg, mmg brapa lama (stelah asi dirasa mulai sdkit stelah dhisap baby) asi mulai produksi -ready stock- lg??
    Maaf panjang nanyanya, tp itu yg sy hadapi. Bingung juga solusinya,,apa dkasih madu n air tajin,,,,atau sy titipkn ke adik ipar sy untuk disusui (kbtulan kami mlahirkan beda 5hari)..???

    Mohon jawabannya ya tipsBayi..
    Terimakasih…

    • tips-bayi February 4, 2012 at 4:21 am #

      @ ummu nusaibah,

      Anda jangan khawatir.. karena dengan demikian akan memperburuk produksi ASI.. Anda harus rileks.. ;-)

      Jika ASI Anda kurang.. Susukan saja terus atau dipompa.. ! Ingat.. produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Yang tidak kalah pentingnya : Anda harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun…

      Banyak orang berpikir bahwa cara kerja ASI sama seperti galon air (dispenser air). Begitu isinya kosong, maka ia perlu diisi ulang sebelum bayi menyusu lagi. Ini bukan cara kerja produksi ASI. ASI diproduksi setiap saat. ASI tidak akan pernah habis 100%, meski bayi telah menyusu pada payudara tsb. Penelitian laktasi membuktikan, bayi tidak akan menghabiskan semua stok ASI pada payudara. Jumah ASI yang diminum tergantung dari nafsu makannya. Umumnya volume ASI yang diminum oleh bayi relatif berkisar 75-80% dari 100% stok ASI di payudara. Sederhananya, bayangkan ilustrasi berikut. Mengosongkan ASI dari payudara sama saja seperti menguras sungai. Sesuatu yang mustahil dilakukan. Karena ASI akan terus mengalir sementara ASI itu sendiri dikeluarkan..

      Jadi.. ingat..! Rileks dan Dzikir.. ;-)

  11. astrid kusumastuti January 19, 2012 at 3:48 am #

    oo gitu ya
    anak saya awalnya diberi susu formula karena ASI sya tdk lsg keluar setelah melahirkan
    tapi sekarang sudah berhenti dikasih susu formula semenjak ASI sdh kluar bnyak
    awalnya memang keluarga dari pihak suami saya menyarankan untuk diberi susu formula, tetapi saya dan ibu saya bersikeras untuk tetap memberi ASI

    trima kasih atas informasinya

    • tips-bayi January 21, 2012 at 3:09 am #

      @ astrid kusumastuti,

      Bagus.. bagus sekali Anda mempertahankan hanya memberikan ASI pada buah hati Anda.. ;-)
      Anda memang ibu yang cerdas..

  12. sandra December 29, 2011 at 10:43 am #

    Salam..
    Tips bayi, saya punya masalah, tlong dibantu.

    Saya seorang ibu rumah tangga berumur 24 thn, dgn BB 50 kg dan TB 1,60 m. Saya baru setahun menikah dan baru memiliki seorang putra yang sekarang berumur 2,5 bulan,,
    setelah melahirkan, asi saya langsung berproduksi banyak, hingga saya berniat untuk memberikan asi ekslusif tuk anak saya hingga 6 bulan dan tetap melanjutkan’y sampai 2 tahun tanpa bantuan susu formula. Tapi dari awal saya menyusui, saya merasakan payudara saya yg sebelah kiri sering terasa sakit tiba2, seperti berdenyut2, kalau di tekan memang terasa sakit’y,, semakin hari saya merasa sakit semakin berkurang sehingga saya abaikan saja karna saya fikir ini hanya efek dr menyusui. Tapi sudah seminggu ini saya merasa sakit sering terjadi lagi, produksi asi pun lebih banyak di payudara yang sebelah kiri ini, sehingga bayi saya jadi susah menyusu’y karna asi sering muncrat saat bayi saya menyusu hingga ia sering tersedak kemudian muntah. Mungkin bayi saya mengalami trauma, karna dia menangis dan selalu menolak bila mau saya susui sekarang, hingga kadang haruz saya paksa dengan berbagai cara mis tiduran atau sambil berjalan2 sambil saya ayun2, karena saya takut dia kelaparan,, hingga sekarang saya perhatikan bayi saya jadi sering menangis,, dan saya pun jadi stres karna tidak bisa menyusui dengan cara duduk santai
    seperti biasa, hingga saya tidah berani membawa bayi saya kemana2, hanya dirumah saja. Padahal be2rapa hari lagi jadwal dia mendapatkan imunisasi DPT 2, dia pasti demam, dan saya pasti akan semakin bingung untuk menyusui’y bila dia menolak terus, padahal demam akan sembuh bila bayi di beri terus.
    Saya mohon bagaimana solusi dari mbak dan pakar tuk masalah saya ini. Apa yang mungkin di derita payudara saya yg sebelah kiri? Dan bagaimana saya bisa menyusui bayi saya dengan tenang?

    Trimakasih atas jawaban’y
    wassalam
    sandra
    nb: tolong jawaban dikirim ke email saya
    anda_manez@yahoo.co.id

    • tips-bayi January 5, 2012 at 4:07 am #

      @ sandra,

      Wa’alaikumussalam..

      Lambung yang penuh juga bisa bikin bayi gumoh. Ini terjadi karena makanan yang terdahulu belum sampai ke usus, sudah diisi makanan lagi. Akibatnya si bayi muntah. Lambung bayi punya kapasitasnya sendiri. Misalnya bayi umur sebulan, ada yang sehari bisa minum 100 cc, tapi ada juga yang 120 cc. Nah, si ibu harus tahu kapasitas bayinya. Jangan karena bayi tetangganya minum 150 cc lantas si ibu memaksakan bayinya juga harus minum 150 cc, padahal kapasitasnya cuma 120. Jelas si bayi muntah… Jadi solusinya susui sering bukan lama..

      Bisa saja Anda menyusui berbaring.. Menyusui dengan berbaring akan memberi Anda lebih banyak kesempatan untuk bersantai dan juga untuk tidur lebih banyak pada malam hari. Anda bisa tidur saat bayi menyusu. Dukung punggung dan kepala bayi dengan bantal. Pastikan bahwa perut bayi menyentuh Anda.

      Akan tetapi.. Sering ibu menyusui sambil tiduran dengan posisi miring sementara si bayi tidur telentang. Akibatnya, cairan tersebut tidak masuk ke saluran pencernaan, tapi ke saluran nafas. Bayi pun muntah.. Karena itu, kalau menyusui, posisi bayi dimiringkan. Kepalanya lebih tinggi dari kaki sehingga membentuk sudut 45 derajat. Jadi cairan yang masuk bisa turun ke bawah.

      Yang jangan dibiasakan adalah memberikan botol susu ataupun empeng sambil tiduran. Selain ini akan menjadi lebih sulit dihentikan saat sudah menjadi kebiasaan. Dampak yang timbul tidak hanya fisik (seperti bentuk rahang dan gigi yang kurang baik), tapi juga psikologis. Dan.. Kebiasaan minum susu pada botol atau ngempeng sambil tiduran diindikasikan sebagai salah satu penyebab infeksi saluran telinga.

      Untuk sakit payudara.. sebaiknya Anda periksakan ke bidan atau dokter.. agar lebih jelas dan lebih akurat pemeriksaannya. Bisa saja sih sakit atau pegal karena ASI penuh.. ;-)

  13. bunda falish & fareez December 10, 2011 at 6:20 am #

    Kaka falish dr lahir tidak minum ASI sama sekali, full sofur *skrng berusia 3th. Karena selain ASInya tidak keluar ditambah putingnya tidak keluar juga.
    Sewaktu fareez lahir, ASI ga lngsung keluar, stelah 3 hari baru keluar sedikit2, karena puting saya gak keluar *susah bgt u/ memyusui. Padahal saya ingin sekali menyusui, sudah berbagai macam cara saya coba tapi tetep putingnya susah keluar, akhirnya saya coba untuk di peras + di pompa, alhamdulillah sedikit2 keluar & saya masukan kedalam dot, dan diberikan pada bayi fareez, slain itu juga slalu mencoba bayi fareez u/ langsung ditetein, tetapi malahan slalu menangis & ngamuk ngamuk, apalagi anak laki laki lebih banyak minum susunya,,,,, tetapi lama kelamaan ASI nya makin sedikit, ditambah saya sudah mulai masuk kerja, jadi makin sulit saya u/ memeras ASI dgn baik….akhirnya full juga farez minum sofur….. :’(

    • tips-bayi December 19, 2011 at 2:03 am #

      @ bunda falish & fareez,

      Gitu ya.. Putingnya gak keluar..? Biasanya bisa juga lho ayahnya berperan, sehingga putingnya bisa keluar.. ;-)

  14. UNKNOWN November 17, 2011 at 3:49 am #

    wp yg sangat informatif, semoga wp ini senantiasa ramai pengunjung…btw support & keep write :D

    salam kenal & jng lupa Jadi Tumpul Karena Rutinitas..

    • tips-bayi December 7, 2011 at 1:52 am #

      @ UNKNOWN,

      Salam kenal kembali.. ;-)

  15. aufa' s mom November 15, 2011 at 11:29 am #

    anak saya umur 5 bulan kalo lagi mimi ASI kadang suka gigit puting. bgmn caranya menghilangkan kebiasaan menggigit putting??

    • tips-bayi December 6, 2011 at 2:46 am #

      @ aufa’ s mom,

      Aufai sudah banyak giginya..? Belum ya.. Hmm.. Sebenarnya NORMAL apalagi kalau bayi sudah punya gigi apabila menyusu sering gigit puting. Karena usia-usia segitu masanya Aufa bereksplorasi dengan gigitannya.. Hanya ya Bundanya jelas jadi sakit.. :-)

      Saran.. Setiap kali Aufa menggigit, kalau bisa Anda jangan bereaksi berlebihan dengan teriak, marah atau mencabut paksa (maaf) payudara yang lagi dihisap.
      Sepertinya reaksi seperti itu justru memancing bayi Anda untuk mengulangi menggigit lagi. Lebih baik ekspresinya diganti dengan meringis pelan. Perlahan jauhkan payudara darinya. Ajak Aufa komunikasi, Anda bisa katakan “Jangan ya sayang, bunda sakit..” Setelah itu Anda susui lagi.. Kalau menggigit lagi, ulangi lagi.. Dan jangan sampai lupa sampaikan dengan senyuman.. :-) Insya Allah, kalau Anda menyampaikannya dengan senyum, Aufa akan paham.. Soalnya kecenderungan kita manusia lebih mudah menyerap informasi yang disampaikan dengan senyuman, betuk kan?

      Lama-lama Aufa akan paham konsep sebab-akibat..
      Jika Aufa menggigit –> Nehli tidak bisa minum ASI
      Jika Aufai menggigit –> bundanya meringis, sepertinya sakit –> kasian bundaku

      Yang terpenting… JANGAN hentikan pemberian ASI.. ;-)

  16. annisa fitri October 29, 2011 at 4:34 pm #

    Setelah ASI eksklusif diberikan makanan pendamping ASI, selain ASI apa perlu diberi susu formula? kapan pas nya susu formula diberikan ke bayi?

    • tips-bayi December 2, 2011 at 3:45 am #

      @ annisa fitri,

      Selagi ASI masih diberikan dan mencukupi, maka sebenarnya sufor belum perlu.. ;-)
      Sufor bagus diberikan jika bayi Anda sudah berhenti minum ASI, yaitu sekitar 2 atau 2,5 tahun..

      Bahkan baik sekali selama ASI Anda masih keluar, Anda jadikan sebagai campuran MPASI bayi Anda. Campurkan ketika MPASI akan disajikan..

  17. aryati October 10, 2011 at 6:17 am #

    hello..

    saya punya problem, anak saya lahir melalui caesar karena posisi nyungsang, setelah itu dia tidak pernah mau nyusu/netek,jadi dari awal dia sudah minum susu formula dalam jumlah yang lumayan banyak karena dia cowok. Pemberian ASI saya lakukan melalui dot, tapi sekarang asi saya sudah sangat sedikit sekali, apakah yang terjadi pada bayi saya jika dari awal dia minum susu formula?(80%) ASI hanya 20%

    • tipsbayi November 12, 2011 at 12:30 am #

      @ aryati,

      Bayi Anda sehat-sehat saja kan..? Tapi ada bedanya lho jika bayi Anda terus mendapatkan ASI sampai berusia 2 atau 2,5 tahun. Dan sepertinya Anda masih bisa mempertahankan pemberian ASI pada bayi Anda.. ;-)

      Meskipun susu formula terlihat bisa mengganti ASI, akan tetapi Susu terbaik untuk bayi Adalah ASI.. Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

      Dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

      Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

      ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal.. ;-)

      Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

      Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

      Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

      Anda bisa baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

      Oh ya.. ASI Anda kurang..? Susukan saja terus.. ! Ingat.. produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Yang tidak kalah pentingnya : Anda harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun… ;-)

  18. Diana Sesarin October 9, 2011 at 1:53 pm #

    wah serem juga ya kalo susu berbahaya gitu.

  19. Dunia Aretha July 26, 2011 at 12:53 am #

    Memang hebat karunia Tuhan..ASI memang tiada duanya..
    Selain menjadi sumber nutrisi yang paling kaya dengan kandungan gizi utk si kecil..pemberian ASI juga akan bermanfaat bagi kesehatan sang Bunda..’n tentunya lebih mempererat bonding batin dg si Kecil..^_^

    Salam,
    Dunia Aretha

  20. abine nawfal July 11, 2011 at 5:26 pm #

    setuju,, ASI memang yg terbaik,, alami dan sehat. info yg sgt bermanfaat. senang membaca artikel ini.

  21. keken June 22, 2011 at 1:57 am #

    Anak saya usia 20 bulan t/b 89/13.5 smp skrg masih di kasih asi , makan 3 x sehari (beras,ikan(daging),wortel,tomat,brokoli dan keju (bubur kasar) + roti dan buah , skrg sudah bisa ikutan makan menu orang dewasa meskipun cuma icip2 , pertanyaan : umur berapa bisa di kasih susu formula ??

    • tipsbayi July 5, 2011 at 3:00 am #

      @ keken,

      Maksudnya formula untuk bayi Anda..? Ada apa dengan ASI nya..? ASI susu paling TOP lho.. ;-)

      Bagaimana kalau susu UHT..? UHT dan formula, memang sampai saat ini masih banyak yang bingung menentukan pilihan susu pengganti ASI.. Dan bingung menilai mana yang terbaik kandungan gizinya Antara UHT dan formula.. Perlu diingat keduanya bersumber dari susu yang sama yaitu susu SAPI..

      Bila dilihat dari sisi kualitas susu dengan cara sterilisasi, susu UHT lebih baik dibandingkan cara sterilisasi lain. Proses sterilisasi UHT yaitu dengan pemanasan yang tinggi dan singkat tanpa pengawet, higienis karena bebas dari seluruh mikroba (patogen/penyebab penyakit dan pembusuk) serta spora sehingga potensi kerusakan mikrobiologis sangat minimal, bahkan hampir tidak ada.

      Direkomendasikan pemberiannya untuk bayi diatas 12 bulan. Jumlah yang diberikan berkisar antara 2-3 gelas sehari atau sesuai kemampuan anak. Boleh diberikan untuk bayi 9 bulan akan tetapi perlu dicampur dengan sedikit air.

      Bagaimana dengan susu formula? Susu bubuk berasal susu SAPI segar yang kemudian dikeringkan, umumnya menggunakan spray dryer atau roller dryer. Kerusakan protein sebesar 30 persen dapat terjadi pada pengolahan susu cair menjadi susu bubuk. Kerusakan vitamin dan mineral juga lebih banyak terjadi pada pengolahan susu bubuk. Setelah itu juga susu dibuang lemaknya sebagian untuk jadi susu bubuk rendah lemak (partly skim milk powder) dan dibuang semua lemaknya untuk jadi susu bubuk tanpa lemak (skim milk prowder). Maka apabila bayi Anda menghindari lemak susu, maka susu skim formula ini lebih tepat untuk bayi Anda.

      Jadi yang penting untuk diingat carilah susu yang cocok dan yang dibutuhkan untuk bayi Anda.. Untuk merk.. Sepertinya Anda lebih banyak tahu.. ;-)

Leave a Reply