Pemberian Keju untuk Bayi: Boleh Tidak?

keju bayiBanyak yang bertanya seputar boleh-tidaknya memberikan keju kepada bayi. Nah berikut ini kami akan ulas sedikit mengenai pro dan kontra keju untuk bayi dan solusinya untuk Anda…

Apa Kelebihan Keju?

Karena keju merupakan susu yang dipadatkan, maka kandungan gizinya sebenarnya mirip dengan susu. Ia mengandung protein, vitamin, mineral, serta lemak.

Kelebihan keju dibandingkan dengan susu terletak pada jumlah kalori yang dikandungnya. Setiap 100 gram keju bisa mengandung 326 kalori, atau sekitar 5 kali lipat yang dimiliki oleh susu.

Nah, untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, kalori dan protein yang terkandung dalam keju sangat baik untuk kecerdasan dan tumbuh kembangnya. Keju pun dinilai oleh para ahli gizi sangat baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang anak.

Apa Kekurangan Keju?

Kekurangan keju terletak pada tingginya kadar garam dan lemak yang terkandung di dalamnya.

Jika anak terlalu banyak mengkonsumsi garam, dikhawatirkan ia akan menderita hipertensi di usia dewasanya. Garam yang terlalu banyak pun akan sangat sulit untuk diproses oleh ginjal si anak, sehingga nantinya bisa menimbulkan gangguan metabolisme.

Kandungan lemak yang tinggi pun bisa menyebabkan obesitas pada anak.

Lalu, Bolehkah Memberikan Keju kepada Bayi Anda?

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  1. Anda boleh memberikan keju setelah bayi Anda berusia 6 bulan
  2. Pilihkan keju yang lunak dan sudah diproses (cheddar)
  3. Untuk anak berusia > 1 tahun, batasi pemberian keju, maksimal 3 lembar setiap hari
  4. Keju parmesan dan mozarella juga bisa dikonsumsi oleh anak
  5. jangan menjadikan keju sebagai pengganti susu, karena keju merupakan makanan padat yang sedikit kandungan airnya

Artikel yang berhubungan:

  1. Resep Makanan Bayi Mulai 6 Bulan: Tim Saring Ayam dan Keju

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

,

260 Responses to Pemberian Keju untuk Bayi: Boleh Tidak?

  1. chika July 21, 2014 at 3:42 am #

    Hallo tipsbayi.anak saya usianya sudah 5bln 2minggu.tapi sudah saya beri bubur saring…kalo udah mau dikasi makan saya tambhkan sufor ny.dy tdk mnm asi krna smnjk lahir dy tdk bsa mimi asi…krna swktu lhir bb nya hanya 2.2kg.dan hrs inkubator shngga dy diberi mnm sufor utk bayi lahir dgn bb rendah.jd stlh akn asi dy jd tdk mau.akhirny sya mmberinya sufor trs..usia 4bln kmrn bb ny udh 6.1 tp skrg 5bln 2 mnggu blm dtmbg.apa bb 6.1 pda usia 4bln normal???trs,bolehkah saya menambahkn keju pada buburnya,tp usianya blm mnginjak 6bln?mohon penjelasannya.

    • tips-bayi August 13, 2014 at 12:28 am #

      chika,

      BB bayi Bunda 6,1 pada usia 4 bulan termasuk bagus.. hampir ideal, karena BB ideal usia 4 bulan adalah 6,3 kg.

      Sebaikya keju diberikan pada bayi mulai usia 6 bulan karena tingginya kadar garam dan lemak yang terkandung di dalamnya.

      Jika anak terlalu banyak mengkonsumsi garam, dikhawatirkan ia akan menderita hipertensi di usia dewasanya. Garam yang terlalu banyak pun akan sangat sulit untuk diproses oleh ginjal si anak, sehingga nantinya bisa menimbulkan gangguan metabolisme.

      Kandungan lemak yang tinggi pun bisa menyebabkan obesitas pada anak.

      Hanya sebagai sedikit panduan, pada umumnya untuk bayi ada 3 jenis keju yang bisa dan aman dikonsumsi, yaitu keju jenis Ricotta, Cheddar dan Cream. Nah dari ketiga jenis ini yang paling rendah kadar garamnya dan paling tinggi proteinnya adalah keju jenis Ricotta. Kedua keju jenis cream, dan terakhir alias yang paling banyak kandungan garamnya adalah keju jenis cheddar..

      Kalau tetap Bunda berisikeras.. boleh memberikan keju ricotta yang khusus untuk bayi.. ;-)

  2. lina June 8, 2014 at 1:06 pm #

    mau tanya dong dok….

    kalo makan anak usia 8 bulan ngak di saring tapi di blender, itu bahaya gak?

    mohon informasinya,,,,

    Terimah Kasih :) :) ;)

    • tips-bayi June 19, 2014 at 9:54 am #

      lina,

      Diblender boleh saja tidak bahaya, sejauh makanannya bisa hancur halus dan tidak berampas kasar. Misalnya jagung, biasanya kulit butiran jagung tidak bisa hancur dengan blender, maka setelah diblender bisa langsung disaring dengan saringan kawat.

      Akan tetapi bayi Bunda sudah berusia 8 bulan, sudah bisa dengan tekstur makanan yang tidak disaring kok.. ;)

  3. laila February 21, 2014 at 1:18 am #

    Bunda,, anak saya sekarang usianya 8 bulan 16 hari, dengan BB 10,7kg.. sejak usia 6 bulan sudah sya beri MPASI namun saya beri garam.. Krena tdak tau klo garam tidak baik untuk balita.. Smp skrg pun masih sya beri garam,, apa ada dampak negatifnya bagi anak saya??

    • tips-bayi March 7, 2014 at 4:37 am #

      laila,

      Selain fungsi ginjalnya belum sempurna, juga jika bayi sudah diberi garam dan gula dalam makanannya, maka bayi akan terbiasa mendapatkan rasa yang lebih enak dibandingkan dengan makanan murni lainnya. Efeknya, bayi tidak mau makan kalau makanan tersebut tidak manis atau gurih.

      Contoh, jika anak sudah biasa diberikan makanan manis, nantinya anak hanya mau makan makanan yang manis. Sehingga akan susah menyuruhnya mengonsumsi sayur karena sayuran cenderung memiliki rasa hambar.. ;)

  4. chusnul December 27, 2013 at 3:35 am #

    anak saya berumur 1 tahun 1 minngu, beberapa hari terakhir say memberinya keju. keju chedar dan yang sdh olahan. satu hari satu slice sbg camilan kadang sbg campuran makan. di asangat suka sekali dengan keju, namun dua hari belakangan dia BAB terus. dalam sehari bisa 3 -4 kali. terkandang cair tp mash ada ampasnya sedikit. apakah hal tersebut dikerenakan makan keju? thanks jawabannya

    • tips-bayi January 8, 2014 at 4:45 am #

      chusnul,

      Meskipun bisa begitu karena belum biasa makan keju, namun belum tentu juga itu karena efek dari makan keju. Bisa saja karena sebab lain. BAB 3-4 kali masih wajar, jika tidak ada keluhan lainnya jangan terlalu khawatir. Banyak minum ASI, coba hentikan dulu pemberian kejunya. Jika sudah membaik bisa dilanjutkan kembali pemberian kejunya.. ;)

  5. bunda atan November 23, 2013 at 1:04 pm #

    Bunda,,dek atan umur 6bln dah mulai mkn tim saring campur sayur,kdg tmbh brokoli,tempe,tahu sama wortel..tapi knapa ya bab nya keras n ga banyak..trs kdg sampe ngejan tapi ga kluar2..dah ta coba gerakan2 kecil kaki fit ditekuk sampe lutut sama anus dikasih baby oil tapi lom berhasil..mohon sarannya bun,thx

    • tips-bayi November 25, 2013 at 6:57 am #

      bunda atan,

      Coba Bunda berikan 2 kali jadwan makan buah setiap harinya pada dek Atan.. Dan untuk saat ini, coba Bunda berikan ASI lebih dari biasanya dan juga Bunda bisa coba resep pepaya dan mencobanya. Mudah-mudahan dek Atan cepat kembali normal BAB nya.. ;)

  6. asni August 24, 2013 at 7:08 am #

    bayi saya usia 8 bulan 14 hari, saya sering campurin keju cheddar dan blue band ke makanannya..dan juga sedikit garam. apakah itu bahaya buat kesehatannya?
    makasih

    • tips-bayi August 30, 2013 at 6:59 am #

      asni

      Kalau memang bayi Bunda tidak alergi dan senang boleh saja dari usia 8 bulan Bunda memberikan keju sedikit-sedikit.. Dan jenis keju yang boleh diberikan pada bayi kita adalah cheddar, parmesan dan mozarella, dan memang ada juga keju yang dibuat khusus untuk bayi yang taste nya tidak terlalu kuat.. Dan juga batasi hingga 1 slice keju setiap hari (maksimal)..

      Bunda bisa baca artikel berikut..

      http://www.tipsbayi.com/index.php/pemberian-keju-untuk-bayi-boleh-tidak

      Untuk mentega atau butter. Di pasaran ada 2 jenis butter, yaitu yang salted (asin) dan unsalted (tawar). JADI.. sebaiknya pilih butter yang unsalted (tawar) saja, lebih aman.

      Untuk garam sebaiknya jangan dulu Bun…

      Bunda bisa tunggu sampai usia bayi Bunda lebih satu tahun, itupun tetap pemberiannya sedikit..

  7. bunda dewi June 9, 2013 at 11:20 am #

    Hai mommies…mau tnya nih siapa tau ada ?ª?? bisa bantu,knp yah baby akhdan ga bisa pegang mkanan sndiri dan memasukkan ke mulutnya? Dia jg ga biasa masukkn benda2 ke mulutnya..tp klo mkan doyan,tp yah disuapin gitu..ada ?ª?? tau knp yah baby akhdan??

    • tips-bayi June 12, 2013 at 1:04 am #

      bunda dewi,

      Hmm.. berapa usia Akhdan..?

      • vonny July 24, 2013 at 2:05 am #

        anak saya 8 bulan 2 minggu, aku kasih finger food snacks sama dia dipegang dan dibuat main, tapi tidak dimasukkan ke mulutnya. kira2 kenapa ya dan apakah normal?

        Tapi kalo makan disuapin dia doyan dan akan buka mulut. tolong advicenya ya.

        • tips-bayi July 29, 2013 at 6:03 am #

          vonny,

          Hmm.. NORMAL Bun.. :-)
          Ya memang begitu Bun karakter anak.. Sedang masanya bereksplorasi dengan kemampuan dan keasyikannya bermain.. Tuntun dan beri contoh bagaimana cara memasukan makanan dari tangan sendiri sambil ajak bicara.. Begitu terus hingga pada masanya anak akan terbiasa dan senang memasukan apa saja ke mulutnya.. ;-)

  8. mamaQheeyla May 3, 2013 at 1:54 am #

    ankku lahir 8 bln 2hr dg berat 2,6kg pjg 46cm, dan skrg ankku berusia 8 bln,sejak usia 3bln dia sdh tidak mau asi lg,jd saya kasih sufor dan sjak usia 6 bln sdh sy ksh MP ASI, makannya lahap, buah,biskuit juga doyan. tetapi semenjak mengenal MP asi nyusu nya agk kurang skitar 300-400cc sehari. Berat nya hanya 6,5kg. Apakah itu normal?

    Dan sy baru mencoba mencampur keju ke dalam makanannya, karena sy berasumsi bayi >1th baru boleh dikasih keju. Bagaimana cara menambah BB ank saya yah, banyak org bilang bayi sy kecil skli utk bayi seumurannya.

    Trim’s

    • tipsbayi May 3, 2013 at 2:27 am #

      Sebenarnya BB si kecil masih tergolong normal bun, untuk anak usia 8 bulan. Yang penting anak Anda aktif, dan terlihat baik menjalanai aktifitas sehari-hari, dan tidak ada gangguan perkembangan yang serius. kalau seperti ini kondisinya, Anda tidak perlu khawatir…

  9. asri May 1, 2013 at 3:00 pm #

    anak saya umur 11 bulan tapi belum juga tumbuh gigi,sudah saya kasih keju setiap hari pada makananya,,semua kata org sdh sy coba,tp belum tumbuhjg,gimana caranya agar anak saya tumbuh giginya,

    • tipsbayi May 1, 2013 at 3:24 pm #

      Coba baca Gigi Bayi – baca juga berbagai komentar tentang kasus serupa bun…

  10. ayah kayla February 8, 2013 at 1:13 pm #

    Mbak anak saya unur 9 bulan.tapi dari 7 bulan smpai saat ini sulit skali makan.setap mau makan harus slalu di paksa trs slalu rewel.tindakan apanya supaya nafsu makan.tapi klo asi nya kuat skali.trims

    • tips-bayi February 9, 2013 at 3:45 am #

      ayah kayla,

      Masih mending dan bagus minum ASI-nya kuat.. ;-)

      Jika bayi Anda sudah bisa memegang sendiri dan mengunyah bisa mulai diperkenalkan ‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil dan sayuran rebus..

      Selain memberikan menu yang variatif .. Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan anak Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi anak Anda..

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Anda akan berterima kasih suatu hari nanti !

  11. Umum hakam January 31, 2013 at 5:49 pm #

    Saya mau tanya,anak saya usianya 1tahun tapi BBnya cuma 7,5kg, bagaimana cara atau makanan apa yg bisa saya berikan agar BB anak saya cepat naiknya? Kalau pemberian keju filling pada bayi boleh tidak? Trima kasih…

    • tips-bayi February 6, 2013 at 12:21 am #

      Umum hakam,

      BB termasuk cukup, bahkan termasuk 75% BB untuk bayi Indonesia. Meskipun terlihat kecil.. Ummu dan Abinya kecil..? Pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap tidak sehat atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat.

      Ummu bisa lihat perkembangan yang lainnya, kemampuan misalnya.. Intinya anak Ummu tidak ada keluhan yang lain kan..? Jangan khawatir.. ;-)

      Usia 1 tahun sudah boleh diberikan keju. Jenis keju yang boleh diberikan pada bayi kita adalah cheddar, parmesan dan mozarella, dan memang ada juga keju yang dibuat khusus untuk bayi yang taste nya tidak terlalu kuat. Keju filling asal kwalitasnya bagus boleh saja Ummu.. ;-)

  12. Ling Ling December 12, 2012 at 12:02 pm #

    allooo tips baby..

    baby ku umur 6 bulan dgn berat 9,4kg n tinggi 68cm apakah normal untuk baby seusia itu?
    aku mau coba kasih keju ke bubur nya,keju kraft yg batangan apa yg lembaran punya ya? trus boleh dikasih brp banyak? apakah boleh dikasih tiap hari keju nya? berapa bulan baby boleh dimasakin bubur beras merah? sebelumnya thanks ya…

    • tips-bayi December 13, 2012 at 3:30 am #

      Ling Ling,

      Halo Bunda..

      BB baby Bunda bagus.. meskipun lebih dari BB ideal.. ;-)
      Yang lembaran deh Bun.. Jangan terlalu banyak memberikan keju, apalagi jika usianya masih 6 bulan. Batasi saja hingga 1 slice setiap hari (maksimal).
      Jenis keju yang boleh diberikan pada bayi kita adalah cheddar, parmesan dan mozarella, dan memang ada juga keju yang dibuat khusus untuk bayi yang taste nya tidak terlalu kuat.

      Baby Bunda sudah bisa diberikan bubur susu beras merah..

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Bunda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Bunda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan..

  13. Mauren October 30, 2012 at 11:09 am #

    alow tips bayi,..
    bayi sy 9 bulan tapi makan na susah minta ampun.udah berbagai macam merk sy coba kasi tapi tetep aja susah,bubur yang dibikin sendiri juga.gitu juga susu.dah sy kasi keju kadang mau kadang ga.roti tawar….
    pokok nya berbagai macam cara deh.sampe kadang sy males ngasi makan krn paling2 sy yg ngabisin.tapi ASI nya dia jago banget.jadi BB nya normal2 aja.
    mohon pendapat n tips nya dong…
    makasi ya sblumnya

    • tipsbayi November 1, 2012 at 2:08 am #

      @Mauren,

      Pertanyaan persis seperti ini memang sering kami terima Bun, bisa-bisa bahkan setiap hari, ada yang bertanya sama seperti ini… :)

      Jawaban kami selalu sama Bun…

      Cobalah membuat suasana hatinya senang… misalnya sambil menyuapinya, Bunda mengajaknya jalan-jalan, melihat sungai, kebun, kereta api, atau apa saja yang berada di lingkungan sekitar rumah Bunda.

      Jangan memaksa si kecil makan sambil memarahi, apalagi sampai mencubit atau memukul ketika ia mogok makan. Ini akan berakibat negatif kepadanya.

      Coba usahakan juga untuk ‘membuatnya lapar’, artinya coba kurangi asupan susu, sekedar untuk membuat nafsu makannya meningkat.

      Buatlah makanan dalam bentuk yang menarik, warna-warni, sehingga ia pun tertarik untuk mencicipinya.

      Jika memang masih bermasalah, Bunda bisa membawanya ke ahli gizi…

  14. ratna June 18, 2012 at 6:36 am #

    anak sy umur 9 bln, beberapahari ini susah makan bubur nasi,ada kalanya sy beri dia keju sedikit,kadang dia juga sy beri roti tawar ato donat yg diambil bag dalamnya dan sy campur dg air, dia suka banget…bolehkah seumuran dia makan2 seperti itu???

    • tips-bayi June 23, 2012 at 3:17 am #

      @ ratna,

      Boleh.. :-)
      Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

  15. feni feranica June 14, 2012 at 1:17 pm #

    ass,.
    malam tips bayi, putri saya termasuk bayi prematur lhr dgn BB 1,8kg skrng sdh berusia 8bln tp BB nya br 6,2kg, naiknya sedikit2 paling2 cm 2ons, alhamdllh smp skrng putriku msh ASI tnp sufor.. saya mau tanya:
    -apakah normal BB putriku dgn umurnya yg 8bln skrng krn bayi prematur??
    -apakah perlu putriku dibr tmbhan sufor bt tmbh BBnya??
    -apa tipsnya br BB putriku bnyk naiknya??
    -apakah boleh bayiku konsumsi keju setiap hr yg dicmpr dibubur tim??
    -yg terakhir bolehkah bubur tim saring dicampur sedikit ASI??
    makasih ya tips bayi, mohon jwban n tipsnya ya….

    • tips-bayi June 15, 2012 at 2:06 pm #

      @ feni feranica,

      * BB bayi Anda masih tergolong NORMAL, karena masih 75% BB normal untuk bayi Indonesia. Meskipun terlihat kecil.. ;-)

      * Sebaiknya Anda pertahankan pemberian ASI sampai usia 2 atau 2,5 tahun.. Meskipun susu formula terlihat bisa mengganti ASI, akan tetapi Susu terbaik untuk bayi Adalah ASI.. Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

      Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

      * Tingkatkan tekstur dan porsi makan secara bertahap. Jika bayi Anda bisa menerima porsi makannya ditambah itu bagus.
      * pemberian keju, boleh saja Anda memberikannya setiap hari, namun harap diiingat, batasi hingga 1 slice keju setiap hari (maksimal).
      * Boleh-boleh saja.

  16. Ibunya Aphrendirva June 5, 2012 at 7:14 am #

    terima kasih untuk tips kejunya :) sebenarnya Dirva sudah saya beri keju dalam campuran pure kentang dan brokoli saat dia 6 bulan, saya beri dia campuran keju 1 minggu sekali… saat ini Dirva masuk 8 bulan, dia tidak pilih makanan, semua makanan yang saya buat dia suka, tapi dia tidak suka bubur instan :) berat badannya saat ini 11 kg, tingginya 80 cm, berat lahirnya 3,7 kg. Apakah dia terlalu gemuk ?
    Dirva mulai belajar berjalan, namun dia melewati fase duduk, dari merangkak (umur 5 bulan) langsung berdiri dan mulai belajar berjalan…. apakah benar bila anak melewati salah satu fase dalam perkembangannya dia akan menjadi sulit konsentrasi belajar nantinya?
    terima kasih atas jawabannya :)

    • tips-bayi June 13, 2012 at 1:28 am #

      @ Ibunya Aphrendirva,

      Maaf baru dijawab .. Memang BB bayi Anda lebih dari ideal tapi jangan khawatir .. tingginya Normal.. buatlah pola makan yang baik, pertahankan pemberian ASi sampai bayi Anda berusia 2 atau 2,5 thn.

      Anda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi itu berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan… Dan bahkan terkadang ada juga yang tidak melalui tahapan yang biasa. Misalnya tidak merangkak tapi langsung berdiri dan berjalan. Ada juga yang ngesot tidak merangkak.. Jadi setiap bayi akan berbeda.. terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. Keturunan sangat berpengaruh.. ;-)

  17. eci May 31, 2012 at 5:46 pm #

    anak saya skg berusia 6bln dan berat badannya 9,2kg… dari lahir sampai skg saya memberi asi tanpa sufor.nasi tim saringnya jg saya buat sndri dan sya tambahkan keju 1lembar.. Yg sya mau tanyakan apakah berat badan yg berlebih bsa mempengaruhi gerak bayi?? Krn sampai skg anak sya blm bsa tengkurap tp anak sya terlihat sehat. Jawabannya tol kirim ke email saya robihastiniezaini@yahoo.com.mksh

    • tips-bayi June 12, 2012 at 1:00 pm #

      @ eci,

      Maaf baru bisa dijawab ..;-)

      Memang BB bayi Anda lebih dari ideal tapi jangan kawatir.. buat pola makan yang baik dan pertahankan pemberian ASI sampai anak Anda berusia 2 atau 2,5 tahun.

      Anda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.

      Untuk melatih tengkurap, Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu

  18. Mama Fikar May 16, 2012 at 2:26 pm #

    Fikar umurnya 6 bln 3 hari BB 6,7 (BB lahir 2,6) termasuk ideal gak?? saya sudah coba buat bubur tim tapi kok malah dimuntahin kembali ya?? bubur instan juga terkadang makannnya moody.. waktu umur sekitar 2 bln timbul bercak merah di area kepala termasuk wajah dan leher, menurut DSAnya fikar alergi susu sapi , saya sudah coba ganti sufornya tapi fikarnya muntah kalau susunya diganti. akhirnya sampai sekarang saya tetap ngasi sufor merk X itu dan alerginyapun hilang dengan sendirinya. Apa saya tetap bisa menggunakan keju untuk bubur timnya mengingat fikar pernah alergi susu sapi kurang lebih 2-3 bln?

    • tips-bayi May 27, 2012 at 12:35 pm #

      @ Mama Fikar,

      BB bayi Anda NORMAL.. karena termasuk 90% BB normal untuk bayi Indonesia..

      Jika Fikar pernah alergi susu sapi maka selain menghindari susu sapi juga harus dihindari adalah produk turunan dari susu sapi seperti yoghurt, keju dan makanan yang mengandung dominan susu sapi. Kasus alergi susu umumnya akan hilang saat anak berusia satu tahun ke atas atau sudah berusia 15 tahun. Menurut data, sebanyak 56 persen bayi yang sebelumnya menderita alergi susu, sudah menjadi toleran ketika berumur satu tahun. Sedangkan pada umur 15 tahun, 95 persen anak sudah tidak menderita alergi susu lagi..

      Saran kami untuk mengantisipasi alergi, untuk sementara hidari saja dulu perkiraan pencetus alerginya, berikan ASI saja terus.. ;-)

  19. filan April 24, 2012 at 8:32 am #

    saya dapat memberikan anak saya bubur tim saring dgn campuran keju , entah kenapa saat itu bab nya kurang lancar , apa karna keju atau tidak saya jg belum tau.
    setelah keju habis sy coba tidak memberikannya lagi, nah kebetulan bab nya jadi lancar.

    apakah karena keju ya bab anak saya jadi susah…?
    Trims

    • tips-bayi May 3, 2012 at 5:36 am #

      @ filan,

      Bahan dasar buburnya masih tetap..? Bisa jadi ya.. Coba memberikan keju jenis lainnya.. bagaimana reaksi bayi Anda.. ;-)

  20. yeni.k April 12, 2012 at 6:30 am #

    ada lagi nih yang ingin saya tanyakan, apakah gizi nya tidak akan di serap oleh tubuh anak usia 14 bulan bila makanan tersebut selalu di blender ? krn anak sya sedikit makannya kalau tidak di blender, dia mau mengunyah tp porsi makannya berbeda bila di haluskan, terimaksih

  21. yeni.k April 12, 2012 at 6:25 am #

    anak saya termasuk doyan makan apa saja tapi sayang nya dia alergi banyak makanan dan sayuran termasuk wortel, bayam jd sy hanya bisa kasih brokoli skrg ini dia bosan dengan menu itu [brokoli,kacang merah,daging cincang] trus dia juga alergi keju tapi dia minum sufor bebelac, jujur saya bingung mau kasih makan apa ke anak saya ini secara usia emas anak kan hingga 2 thn yah, anak saya skrg usia 14bulan, oh iya dia juga alergi ikan2 laut juga daging ayam hiks, tolong dong ada saran gak yah utk menu makanan nya.ths

    • tips-bayi April 19, 2012 at 6:33 am #

      @ yeni.k,

      Usia emas sampai 3 tahun.. Anda bisa cari jenis sayuran lain yang bukan kacang-kacangan. Jika sudah waktunya, percaya deh.. bayi Anda tidak akan alergi lagi. Anda masih bisa mencari sumber gizi dari Nabati tidak harus Hewani saja.. ;-)

      Diblender boleh saja dan tetap diserap oleh tubuh. Hanya saja untuk peralihan ke makanan padat hendaknya Anda merubahnya secara bertahap..

      Agar bayi Anda lebih cepat terbiasa dengan mengunyah, sebenarnya jika bayi Anda sudah bisa memegang sendiri dan mengunyah bisa mulai diperkenalkan ‘‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil, sayuran rebus, biscuit buatan Anda yang gampang lumat, sehingga bayi dapat latihan makan sendiri dan bisa terlatih dengan menu yang berfariasi.. ;-)

  22. riana April 2, 2012 at 2:17 am #

    anak saya 9 bulan alergi terhadap keju
    lalu untuk perasa’y bisa saya ganti dengan apa??
    minta saran donk
    krna aku msh belum berani kasih garam
    apa boleh untuk usia 9 bulan kita kasih garam ??

    • tips-bayi April 4, 2012 at 2:25 am #

      @ riana,

      Alergi keju.. berarti bayi Anda alergi susu sapi..?

      Pengganti keju, Anda bisa bubuhkan margarin..

      Untuk butter.. MENTEGA/ BUTER merupakan produk industri susu karena bahan utama pembuatannya berasal dari lemak hewani atau susu (80-82 %), dan ditambah dengan bahan pendukung lainnya seperti air, garam dan padatan susu (curd). Selain itu mentega diperkaya dengan vitamin A, D, E dan K yang tidak larut dalam air. Mentega mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan lebih memberikan rasa gurih serta aroma yang lebih tajam.

      MARGARINE terbuat dari minyak atau lemak nabati, dan bahan tambahan seperti susu bubuk skim atau lemak hewani, air, garam, esens, pewarna dan zat anti tengik.

      Mentega atau butter. Di pasaran ada 2 jenis butter, yaitu yang salted (asin) dan unsalted (tawar). JADI.. sebaiknya pilih butter yang unsalted (tawar) saja, lebih aman. Bahkan sering tingkat asinnya itu tidak sama meski merek butter-nya sama.. ;-)

      Jadi untuk garam.. jangan dulu deh.. Fungsi ginjal bayi Anda belum cukup matang untuk menyisihkan kelebihan mineral dalam garam dapur. Maka segala jenis menu dengan kandungan garam dapur, apalagi yang berlebihan, sebaiknya dijauhkan dari menu harian bayi Anda.

      Natrium sudah mencukupi dari bukan garam dapur, tubuh memang membutuhkan mineral natrium yang dapat diperoleh dari garam dapur, namun tak perlu mengonsumsi khusus garam dapur jika natrium yang terkandung dalam bahan makanan alami sudah mencukupi.. ;-)

      • Ririn April 27, 2013 at 5:34 am #

        Bayi saya umur 6 Bln. Sudah 2 hari ini saya perkenalkan dgn bubur saring. Tapi selalu saya kasih garam. Krna saya tidak tau, klo bayi itu tdk boleh diberi garam. Pertanyaan saya, apakah tidak apa2 bayi saya yg sdh trlnjur mengkonsumsi garam dlm 2 hari ini? Klo bubur ya tdk diberi garam, apakah enak dimakan oleh bayi? Krn bubur itu hambar?

        • tipsbayi April 27, 2013 at 6:38 am #

          Kalau sudah terlanjur ya tidak apa-apa bun, apalagi baru 2 hari. Sebenarnya karena bayi belum pernah merasakan makanan apa-apa, tentu dia tidak bisa membedakan antara makanan yang hambar dan yang tidak…

  23. Sandhy March 13, 2012 at 7:33 am #

    Terimakasih utk responnya :) Bayi saya umur 6,5 bulan… Ok keju Edam tdk diberikan dulu. Sy mau Tanya lagi, Tips. Baby saya suka sekali makan bubur susu. Saya buat sendiri dari tepung g***l. Bubur susunya suka saya campur dengan wortel, pisang, labu, dll. Nah pas saya coba bikin Tim saring pakai beras, ayam dan wortel baby saya tidak mau. Lalu saya ganti dengan bubur susu baru dia mau makan. Bingung deh… Padahal pas saya coba rasanya cukup enak walau tanpa garam Dan gula. Bagaimana ya tips spy dia mulai mau makan tim saring? Terimakasih

    • tips-bayi March 19, 2012 at 3:55 am #

      @ Sandhy,

      Benar.. terkadang ada juga bayi yang selalu kaget dengan makanan baru.. itu wajar.. Maka Agar bayi Anda tidak kaget dengan rasa makanan barunya, sebaiknya Anda mencampurkan ASI lebih banyak lagi ke dalam makanannya. Usahakan rasanya tidak terlalu jauh dari rasa makanan pokok sebelumnya ASI..

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain.. Jika selanjutnya tidak ada efek negatif maka Anda sudah boleh mencampurkan sayuran lain ke dalam MPASI-nya satu jenis setiap variasi MPASI-nya.. ;-)

  24. Sandhy March 8, 2012 at 6:33 am #

    Tips, mohon infonya. Kalau keju Edam apakah bisa utk bayi? Kebetulan saya dpt kiriman dari adik di belanda. Terimakasih ya

    • tips-bayi March 13, 2012 at 4:18 am #

      @ Sandhy,

      Keju edam kadar garamnya tinggi juga bu.. ;-)
      Oh ya.. bayi Anda usianya berapa ya..? Kalau sudah lewat 1 tahun tidak apa-apa.. bisa Anda bubuhkan ke makanannya..

  25. mama egi January 21, 2012 at 8:06 pm #

    terimakasih infonya berguna banget….

    tips, saya mau tanya apakah keju benar2 aman untuk bayi?karena keju mengandung kadar garam yg tinggi sedangkan untuk bayi dibawah 1 tahun tidak boleh diberi garam?? saya juga mau tanya, bayi saya laki-laki 9 bulan berat nya cuma 8,3 kg tinggi 71 cm, apakag dengan usia berat dan tingginya normal?? mohon jawabannya, terimakasih

    • tips-bayi January 26, 2012 at 2:54 am #

      @ mama egi,

      Sama-sama.. ;-)

      Benar.. banyak keju atau butter yang mengandung kadar garam yang tinggi.. Hanya sebagai sedikit panduan, pada umumnya untuk bayi ada 3 jenis keju yang bisa dan aman dikonsumsi, yaitu keju jenis Ricotta, Cheddar dan Cream. Nah dari ketiga jenis ini yang paling rendah kadar garamnya dan paling tinggi proteinnya adalah keju jenis Ricotta. Kedua keju jenis cream, dan terakhir alias yang paling banyak kandungan garamnya adalah keju jenis cheddar..

      Anda boleh memberikan keju ricotta khusus untuk bayi.. ;-)

      Termasuk Mentega atau Butter.. Mentega atau butter. Di pasaran ada 2 jenis butter, yaitu yang salted (asin) dan unsalted (tawar). JADI.. sebaiknya pilih butter yang unsalted (tawar) saja, lebih aman. Bahkan sering tingkat asinnya itu tidak sama meski merek butter-nya sama..

  26. bundanya fatimah December 7, 2011 at 6:46 am #

    anak saya sekarang umur 8 bulan tapi koq blum tumbuh giginya ya……kira2 makanan apa ya yg merangsang pertumbuhan giginya biar cepat tumbuh…trims

    • tips-bayi December 17, 2011 at 4:00 am #

      @ bundanya fatimah,

      Belum tumbuh gigi..? Anda jangan khawatir.. Perkembangan fisik dan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Termasuk pertumbuhan gigi. Pada setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan gigi yang sama, meskipun kakak beradik sekalipun. Faktor keturunan sangat berpengaruh..

      Anda tidak perlu mencari vitamin agar gigi bayi Anda tumbuh cepat.. Mungkin Anda dan/atau suami Anda pun memiliki sejarah yang sama dengan bayi Anda… ;-)

      Apabila pada usia 14 bulan belum ada tanda tumbuh gigi barulah Anda konsultasi dengan dokter ahli gigi..

  27. henny December 2, 2011 at 2:29 pm #

    terima kasih ya tips dan infonya.
    Anak saya daffaa umurnya 7,5 bulan. saya ingin sekali memberikan keju pada bubur saringnya sebagai penambah rasa dan penambah gizi.. tetapi saya agak ragu karena didalam keju kan terdapat kandungan garam, mengingat garamkan tidak baik untuk bayi… apakah kadar garam yang terdapat didalam keju aman untuk bayi seusia anak saya? Tolong dong bagi infonya…. makasih

    • tips-bayi December 15, 2011 at 3:45 am #

      @ henny,

      Hanya sebagai sedikit panduan, pada umumnya untuk bayi ada 3 jenis keju yang bisa dan aman dikonsumsi, yaitu keju jenis Ricotta, Cheddar dan Cream. Nah dari ketiga jenis ini yang paling rendah kadar garamnya dan paling tinggi proteinnya adalah keju jenis Ricotta. Kedua keju jenis cream, dan terakhir alias yang paling banyak kandungan garamnya adalah keju jenis cheddar..

      Anda boleh memberikan keju ricotta khusus untuk bayi.. ;-)

      Termasuk Mentega atau Butter.. Mentega atau butter. Di pasaran ada 2 jenis butter, yaitu yang salted (asin) dan unsalted (tawar). JADI.. sebaiknya pilih butter yang unsalted (tawar) saja, lebih aman. Bahkan sering tingkat asinnya itu tidak sama meski merek butter-nya sama..

  28. uthe September 23, 2011 at 9:21 am #

    Anak saya skrg berumur 7 bulan 3 minggu, saya ingin skali menambahkan keju di mpasinya tapi baru2 ini kata dokter anak saya alergi kelebihan protein. Kira2 bisa ga ya sy berikan keju. Tlg infonya ya…

    • tipsbayi September 24, 2011 at 8:50 am #

      @ uthe:

      Anda bisa saja mencoba memberikan keju dalam jumlah yang sangat sedikit terlebih dulu, kemudian lihat reaksinya. Kalau tidak ada reaksi negatif pada bayi Anda, Anda bisa menambah jumlah kejunya sedikit lagi, dst.

  29. mama daniel August 8, 2011 at 8:19 am #

    baby ku baru berumur 6.5 bulan…aku ingin memberikan dia keju…tapi bingung kapan harus aku kasih kejunya,,trus cara nya?
    plisss

  30. Mama Rama July 28, 2011 at 7:05 am #

    Thanks ya tips bayi info ttg kejux bermanfaat bgt,
    Oya rama skr umurnya 10 bl 28 hr, dia klo maemnya milih2, maunya makanan orang dewasa ja, klo kasih bubur ato nasi tim dia gak mau, cuma klo nasi dia maemnya lahap, tapi nasinya lembek, itu gmn ya, kira2 ada pengaruh negatif gak ya sama organ percernaanya? tlg dibalas ya… tq

  31. bunda aqila July 22, 2011 at 5:54 am #

    Tips bayi..sebelumnya makasih atas info-nya mengenai keju karena selama ini aq ragu-ragu kasih keju ke Aqila..fyi, Aqila (8bln 3hari). Tapi beratnya baru 7,3kg dgn TB 70cm. Termasuk kurus y? Qila msh ASI tp minumnya -/+ 200 cc selama aq kerja dr jam 8 smp jm 6 (dy agak susah pk dot tp kl aq lg libur maunya mimik trs). Pola makannya jam 8 bubur susu/biskuit campur susu,jam 10 buah,jam 1 bubur saring,jam 3 biskuit campur susu,jam 5 bubur saring. Apakah sdh mencukupi? Makannya sih lumayan banyak tp BB tdk standar. Apakah karena Qila kurang waktu istirahatnya? Karena selama aq kerja paling lama Qila tidur 0.5jam..itupun cm 1x sdgkan kl malam tidurnya jam 10an..dan bangunnya kdg jam 6 kdg jam 7 pagi..maunya main dan bergerak terus..ada solusi g biar tidurnya bisa lamaan? Thx b4

  32. Vian July 20, 2011 at 2:59 am #

    halo tips bayi.. mau tanya nih…Idan ( 1th ) doyan banget sama keju, tiap makan harus ada kejunya kalo ga pake keju maemnya ga dikunyah ( dikeluarkan lagi ). kalo memang keju baik untuk bayi, bolehkah tiap makan dia pake keju? adakah resiko bagi pencernaannya?mksh ya infonya

  33. vitri July 20, 2011 at 2:35 am #

    Eza, 1 th, susah banget maem-nya, kalo ga disembur ya di emut. sekali makan bisa satu jam itupun harus melalui ‘ritual’ sembur dan emut padahal saya sudah banyak coba berbagai menu. tapi kalo sama yg namanya keju dia doyan banget, jadi saya terpaksa campur nasinya dengan keju. bolehkah dalam semua menunya keju dijadikan ‘lauk’? baikkah bagi kesehatannya di masa datang?saya tunggu solusinya… trims ya,…. :)

  34. mamamecca June 25, 2011 at 8:02 am #

    hai tips bayi…tx bgt buat infonya ya..
    mecca sekarang udh 10bln..dr sejak 7bln maemnya dah campur keju..suka bgt dia..smpe skrg ga pernah absen dgn keju.tp ga pernah saya ukur..pokonya saya parut aja trus dirasain kalo udh enak brarti udh pas..hehe..ga pa2 kan??
    seumuran mecca udh blh dikasih es krim dll blm??kaya semangka dingin gitu blh ga?
    tips tlg kasih dong menu camilan buat baby seusia mecca..BB mecca 8.5kg panjang 75 lingkar kepala 46..normal ga ya??kliatan kurus ya, krna dia panjang.
    sebelumnnya mksih jawabannya y tips..

  35. abinya fathimah April 7, 2011 at 9:47 am #

    bu…boleh ga fathimah (8 bln) di kasih bubur quaker oats plus keju…bagus ga ya…kalo fathimah dikasih terus2an bubur semacam cerelac…terima kasih

    • tipsbayi August 13, 2011 at 5:21 am #

      @ abinya fathimah,

      Wah terlewat ya..? Mohon maaf.. :-)

      Boleh Anda berikan Fatimah Quaker Oats plus keju.. Bagus sekali jika Anda memberikan bayi Anda makanan buatan Anda sendiri.. Karena apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

  36. Anonymous March 17, 2011 at 2:02 pm #

    Icha br’umr 8bln sy bngung mknan ap yg pas utk icha?slm ini sy ksh bu2r cerelac trs q cb ksh ns tim saring tp mkn ny sgt sdkt dan kerap skali mw mntah. Pa mgkn prt ny lom bs adptasi Gmn tips ksh bu2r/ns tim aj y

  37. Anonymous March 17, 2011 at 1:36 pm #

    Icha br’umr 8bln sy bngung soal cmpran grm pd nasi tim yg sy bwt pa blh d ksh grm/d gnti kju kraftcheddar

    • tipsbayi March 18, 2011 at 5:04 pm #

      @ Anonymous,

      Usia Icha sudah 8 bulan.. sudah boleh diberi keju.. Bahkan Anda lebih baik mengganti garam dengan keju saja.. ;-)

  38. intan March 9, 2011 at 2:27 pm #

    anak saya 6,5 bulan. saya mulai memberikan mp asi setelah dia berusia 6 bulan. sebenarnya sejak usia 5 bulan dia terlihat ngiler jika melihat orang makan, tetapi saya tunda hingga dia berusia 6 bulan. masalahnya sekarang setiap diberi makan, dia seperti mau muntah dan tidak mau makan. jika disuapi juga lidahnya menutupi mulutnya sehingga makanan susah masuk. apakah ini normal? jadi praktis hampir tidak ada makanan padat yang masuk perut. tetapi setelah saya timbang, berat badannya naik(selama awal pemberian mp asi saya timbang seminggu sekali). untuk diketahui BB anak saya 7,7 kg. panjang 65 cm. apakah ini sudah normal? oh ya anak saya perempuan. terimakasih

    • tipsbayi March 16, 2011 at 1:36 am #

      @ intan,

      BB bayi Anda terlihat ideal.. Bagus.. Memang adakalanya bayi tidak ada atau berkurang nafsu makannya. Selain Anda harus memvariasikan makanannya, Anda juga harus mencari PENYEBABNYA..

      Bisa saja sedang kurang sehat, ada yang tidak enak yang dirasakannya.

      Jangan terlalu khawatir; hampir semua bayi melewati masa rewel makan tersebut, jadi yang terpenting adalah dia tetap mendapat variasi lebih banyak dalam menu pemberian makanan tambahannya untuk mendapat semua manfaat yang dibutuhkannya.

      Pertahankan pemberian ASI.. Karena ASI masih makanan pokoknya.. ;-)

  39. Nauli - mommy Kayla January 10, 2011 at 6:25 am #

    Tips bayi,
    Dari 6 bulan sejak Kayla diberikan MPASI, selalu diberikan sedikit keju Cheddar pada buburnya, dan sampai dengan 9 bulan sekarang dia tidak pernah malas makan, selalu habis. Thanks for the tips.

    • tipsbayi January 18, 2011 at 4:22 am #

      @ Nauli – mommy Kayla,

      Wah.. bagus tuh.. ;-)
      Para ibu bisa share dengan mommy Kayla, bagaimana tips dan rahasianya nih..

  40. eva December 6, 2010 at 12:03 pm #

    dear tips,
    anakku alergi susu sapi,apakah pepmberian MPASI nya nanti jg harus yg khusus untuk alergi. mis tepung berasnya. gmn caranya membuat tepung beras sendiri. Dan jadwal pemberian MPASI untuk bayi yg baru mau mulai makan gmn. thanks

    • tipsbayi December 18, 2010 at 3:34 am #

      @ eva,

      Benar.. Pemberian MPASI-nya harus diatur juga, untuk sementara hindari saja dulu makanan atau minuman yang diperkirakan sebagai pencetus alerginya..

      Alergi pada anak memang bukan suatu penyakit. Alergi adalah reaksi hipersensitivas tubuh terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing atau berbahaya. Reaksi alergi biasanya muncul bila anak memiliki kecenderungan bawaan (genetik).. Jangan khawatir jika itu alergi tidak berbahaya.. ;-)

      Anda jangan khawatir, kasus alergi susu sapi umumnya akan hilang saat anak berusia satu tahun ke atas atau sudah berusia 15 tahun. Menurut data, sebanyak 56 persen bayi yang se belumnya menderita alergi susu, sudah menjadi toleran ketika berumur satu tahun. Sedangkan pada umur 15 tahun, 95 persen anak sudah tidak menderita alergi susu lagi..

      Banyak penilitian yang menyatakan untuk mencegah alergi adalah dengan menyusu selama enam bulan eksklusif dan setelah itu tetap melanjutkan menyusu secara jangka panjang. Maka sebaiknya Anda pertahankan pemberian ASI pada bayi Anda..

      Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk contoh jadwal pemberian MPASI pada bayi Anda, Anda bisa melihatnya di:

      http://www.tipsbayi.com/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan.html

  41. Alita October 28, 2010 at 12:51 pm #

    mama Rafael
    dear.tips
    saya senang sekali baca tips nya,bayi saya sudah 7 bulan lebih,saya pingin menberi keju buat penyedap pada bubur nya,tapi Rafael nya bakat alergi saya jd takut memberikan nya?saya baca tadi keju bisa mepercepat tumbuh gigi,saya mau coba tapi takut anak sy alergi,apa boleh di coba,thanks ya buat jawaban ya.

    • tipsbayi October 30, 2010 at 4:20 am #

      @ Alita,

      Maksud Anda.. Rafael alergi susu sapi..? Jika benar.. sebaiknya untuk sementara hindari saja dulu pemberian keju pada Rafael, termasuk semua produk turunan dari susu sapi lainnya..

      Anda bisa mencari keju yang bukan terbuat dari susu sapi.. Ada kok..

      Anda jangan khawatir, kasus alergi susu umumnya akan hilang saat anak berusia satu tahun ke atas atau sudah berusia 15 tahun. Menurut data, sebanyak 56 persen bayi yang se belumnya menderita alergi susu, sudah menjadi toleran ketika berumur satu tahun. Sedangkan pada umur 15 tahun, 95 persen anak sudah tidak menderita alergi susu lagi.. ;-)

  42. ibu yasin October 16, 2010 at 8:38 am #

    wah makasi banget tipsbayi, saya banyak tau,,sekali lagimakasi..saya punya masalah bayi saya tgl 23-oktober pas 10 bulan.berat 8,50kg,tinggi 72cm,lingkar kepala 45.apakah bayi saya beratnya masih normal?mohon jawabnya.makasi banyak.balasnya di email saya.

    • tipsbayi October 18, 2010 at 3:55 am #

      @ ibu yasin,

      Jangan khawatir.. BB bayi Anda masih normal karena masih pada rata-rata 90% BB normal untuk bayi Indonesia.. ;-)
      Bahkan tingginya termasuk ideal. Oh ya.. bayi Anda laki-laki atau perempuan? Lingkar kepala bayi Anda termasuk NORMAL, untuk bayi laki-laki usia 10 bulan lingkar kepala antara 42,5 – 47,5 cm, untuk bayi perempuan 43 – 48,5 cm.. ;-)

  43. tipsbayi October 4, 2010 at 2:19 am #

    @ Mrth,

    Hmm.. ;-) Benar adakalanya bayi tidak ada atau berkurang nafsu makannya. Selain Anda harus memvariasikan makanannya, Anda juga harus mencari PENYEBABNYA..

    Bisa saja sedang kurang sehat, ada yang tidak enak yang dirasakannya atau mau tumbuh gigi..

    Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

    * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

    * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

    * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

    * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda.. :-)

    * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

  44. tipsbayi October 4, 2010 at 2:10 am #

    @ jeani,

    Jenis keju yang boleh diberikan pada bayi kita adalah cheddar, parmesan dan mozarella, dan memang ada juga keju yang dibuat khusus untuk bayi yang rasanya tidak terlalu kuat.

    Anda boleh memberikan keju ricotta khusus untuk bayi..
    Gambar keju ricotta

    null

  45. tipsbayi October 4, 2010 at 2:00 am #

    @ Keken,

    Bagus sekali Keken diberikan makanan buatan Anda sendiri, karena apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

    Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

    1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
    2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
    3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
    4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
    5. Mudah
    6. Hemat

    Bila dicermati pada waktu 1-2 minggu setelah lahir, bobot bayi menyusut. Karena tubuhnya masih banyak mengandung air sebagai “oleh-oleh” dari dalam rahim. Dalam rentang waktu 1-2 minggu tersebut, cairan itu sedikit demi akan keluar melalui urine dan menurunkan bobot bayi secara otomatis. Tentu saja angka penurunannya tidak drastis. Dengan begitu, jika setelah 1-2 minggu kelahiran bayi, BB si kecil turun, itu merupakan hal alamiah. Jadi tak perlu terlalu dikhawatirkan.

    Di minggu-minggu berikutnya, berat badan si kecil relatif meningkat, yakni sekitar 750-1.000 gram per bulannya. Setelah usia 3-6 bulan kenaikannya tidak sebesar itu, yaitu sekitar 500– 600 gram per bulan. Nah, di usia 6-9 bulan penambahan bobotnya semakin melambat, sekitar 350–450 gram per bulan. Begitu pula ketika si kecil berusia 9-12 bulan, penambahannya tak terlalu mencolok sekitar 150–250 gram per bulannya.

    Agar berat badan sang buah hati tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan ia asupan nutrisi yang adekuat dengan komposisi zat gizi yang seimbang. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang cukup.

  46. Mrth October 3, 2010 at 11:13 am #

    Dear Tips,

    baby ku 10 bulan susah sekali makan, dia pilih pilih makan, salah ku sich awal dengerin temenku suruh kasih icip icip dikit makanan kita ke bayi saya. sekarang dia jadi susahhhh makan nya :( pernah lg acara makan d luar saya kasih sop kentang d campur dengan nasi nya makan nya lsg lahap sekali tanpa hrs d kasih mainan bnyk.
    solusi nya gmn ya menghadapi bayi yg sudah tau rasa bgt jadi milih milih makan?
    sudah mulai dr rubah dr ganti ganti menu, untuk pemberian garam saya blm berani beri paling rasa asin dr keju saja, tp itu jg sudah tidak membuat nafsu makan bayi saya membaik :(
    sekarang saya sudah tidak berani lagi kasih icip icip makanan luar untk nya.

    thnX

    mrth

  47. jeani October 1, 2010 at 3:32 am #

    dear tips,
    kalo keju ricotta boleh ga untuk MPASI bayi saya yg berumur 6 bulan lebih?
    keju cheddar bukannya mengandung banyak garam, kan agak asin gitu tips.
    tolong infonya ya, thanx

  48. Keken October 1, 2010 at 2:22 am #

    Kami memberikan keju u makanan sejak umur 9 bulan , kami memakai keju Cheddar , saat itu gigi anak sudah tumbuh 4 bh (2 atas dan 2 bawah) , sekarang usia anak saya sdh 11 bulan (kurang 2 hari) gigi baru sudah tumbuh di bagian atas , u makan kami kombinasikan antara beras merah , kentang atau beras putih di campur wortel,tomat,saledri dan keju cheddar , u makan tidak masalah tetap sekarang anak kami kelihatan lebih kurus dan memanjang beda saat usia 9 bulan kelihatan montak , ada yang tau kenapa , mohon masukan saran dan info nya , terima kasih

  49. tipsbayi September 15, 2010 at 2:39 am #

    @ Mommy Keanu,

    Untuk keju sebaiknya di campur dengan makanannya. Dan Anda boleh berikan keju maksimal 2 lembar dalam satu hari.. ;-)

    Kalau dilihat dari bahannya bagus, katanya lolos test Melamine Free dari Singapore Lab Test dan ada sertifikasi “Halal” dari majelis ulama Singapore.. Wallohu ‘alam..

  50. Mommy Keanu September 14, 2010 at 1:37 pm #

    1 lg tips biar dijawab samaan…tp sebelumnya maaf nich aku nyebut produk, BABY CHOICE tu sebenernya aman gak diberikan untuk bayi?? dan halal gak?
    makasi lagi
    :)

  51. Mommy Keanu September 14, 2010 at 1:29 pm #

    Tips…anakku 11bulan dan suka banget makan keju, aku kasi dia keju Kraft yang cheddar untuk ditambahkan di buburnya dan keju Kraft yang lembaran untuk dia cemil, 1 lembar perharinya…apakah itu terlalu banyak ya tips?? tolong infonya ya..
    makasi :)

  52. tipsbayi September 9, 2010 at 9:46 am #

    @ mama adiv,

    Jenis keju yang boleh diberikan pada bayi kita adalah cheddar, parmesan dan mozarella, dan memang ada juga keju yang dibuat khusus untuk bayi yang rasanya tidak terlalu kuat.

  53. mama adiv September 6, 2010 at 6:56 am #

    anak saya berumur 15 bln, biasanya kalo saya bwt bubur anak saya untuk penyedapnya saya tambahi garam dan bawang goreng, saya tertarik mau kasi keju,
    trs keju apa yg cocok untuk anak saya
    thank…

  54. tipsbayi August 4, 2010 at 3:55 am #

    @ jeani

    Untuk keju, boleh saja dicoba dan perhatikan reaksi bayi Anda.

    Mengenai pemberian ASI bagi wanita karir seperti Anda, coba baca artikel ini:

    http://www.surabaya-ehealth.org/content/tips-beri-asi-eksklusif-bagi-wanita-karier

    Semoga membantu…

  55. tipsbayi August 4, 2010 at 3:51 am #

    @ bunda salma

    Anak yang memiliki alergi susu sapi tak selalu alergi terhadap daging sapi atau bulu sapi, bahkan penelitian yang telah dilakukan hanya mendapatkan angka kurang dari 10% dari penderita alergi susu sapi yang mengalami reaksi terhadap daging sapi.

    Standar tinggi dan berat badan untuk bayi berusia 9 bulan adalah 72.3 cm dan 9.2 kg. Anak Anda masih tergolong normal sepertinya, karena masih 80% dari standar normal.

    Selama ini banyak yang beranggapan bayi kurus berarti kekurangan gizi atau mengidap penyakit tertentu. Belum tentu lho… Penyebabya bisa bermacam-macam.

    ”Kalau anakmu kurus terus, sebaiknya periksakan ke dokter. Siapa tau si kecil ada penyakit tertentu.” Nasihat seperti ini sering kita dengar dari teman atau kerabat jika si kecil terlihat kurus. Mendengar kata-kata tersebut, tentu saja ibu menjadi cemas. Padahal untuk menentukan kurus atau tidaknya bayi, tidak hanya dilihat dari penampilannya saja. Cara yang mudah dan tepat adalah dengan mengukur dan membandingkan antara berat dan tinggi badannya.

    Beberapa sebab bayi kurus:

    1. Asupan nutrisi yang kurang seimbang, di mana ibu kurang cermat memberi nutrisi yang tepat untuk bayi.
    2. Memasuki usia 6 bulan bayi sudah lebih banyak bergerak atau beraktivitas dan pertumbuhannya mengarah ke pertinggian badan.
    3. Bayi menderita sakit, misalnya gannguan pencernaan atau penyerapan makanan dan diare sehingga nafsu makan berkurang dan berat badannya menjadi turun.

    Dalam kondisi seperti ini, ibu tidak perlu cemas, karena ada langkah mudah untuk mengatasinya yaitu dengan memberikan nutrisi yang tepat dan seimbang sesuai perkembangan si kecil, antara lain pemberian karbohidrat, protein, lemak, kalori, vitamin dan mineral.

  56. jeani August 3, 2010 at 5:00 am #

    Dear tips bayi,
    makasih banget tuk artikelnya, sangat menambah wawasan.
    permasalahannya saya adalah ibu yang bekerja dikantoran, saat ini saya memberikan ASI yang dipompa dan dimasukkan ke dlm freezer tuk diberikan kpd bayi saya. sebelumnya, bayi saya sekarang berusia 4 bulan 2 minggu dengan berat 7.6 kg (hasil dari imunisasi tgl 26 juli 2010). selain ASI saya juga memberikan sufor serta bubur susu dengan jadwal yg direkomendasikan IDAI (4-6 bln). yang ingin saya tanyakan bolehkah bayi saya di beri keju atau tambahan lain di bubur susunya, berdasarkan buku resep untuk bubur susu. karena ada penggunaan keju cheddar/parmesan, tofu sutra, gula merah, dll.
    tolong juga dong info dan tips untuk bayi 4-6 bulan terutama bagi ibu2 yang bekerja.
    oh ya tuk informasi tambahan sekarang volume ASI saya mulai berkurang, hanya bisa spare 250mili/ hari. apakah boleh langsung menyusukan bayi setelah kita bepergian lama seperti kekantor karena katanya ASI terebut telah basi dan bisa menyebabkan anak jadi diare?
    tolong dibalas ya……
    info nya ditunggu banget looooh…thanx b4

    bunda farrel :)

  57. bunda salma June 30, 2010 at 11:58 pm #

    Dear tips,

    Anak saya 9bln sdh 3 hari diare, BABnya ada darahnya, cuman dia masih aktif bermain dan tidak demam. Apakah jika bayi alergi susu sapi, tidak boleh diberikan nasi tim daging sapi? Saya memasaknya di ricecooker nasi+ daging gilingnya saja, nanti tiap akan makan baru ditambahkan sayuran, apakah cara memasak spt itu baik? Bayi saya 9bln BBnya cmn 7,1 TB 65cm apakan normal tips? Pdhal mkn 3xsehari cemilan 2xsehari, sufor 5xsehari.. Tp knp ya BBnya susah naik? Terima kasih tips seblmnya.. Mohon pencerahan

  58. tipsbayi June 30, 2010 at 4:46 am #

    mama kenzie:

    Apakah Kenzie alergi susu sapi..? Kalau jawabannya Ya.. Maka sudah dapat dipastikan Kenzie bakalan alergi keju juga.. ;-)

    Anda bisa teliti lagi apakah yakin pemicu mencretnya adalah keju..? Bagaimana dengan makanan lainnya, apakah Kenzie mendapatkan makanan baru selain keju..? Kalau Kenzie masih minum ASI, bagaimana dengan makanan yang Anda konsumsi, apakah ada makanan yang kira-kira memicu Kenzie jadi mencret..?

    Karena pencernaan bayi masih sangat sensitif maka higienitas-pun sangat mungkin menjadi pemicu mencretnya..

    Jadi memang sebaiknya Anda pastikan kembali kira-kira apa pemicunya. Untuk duburnya yang merah bisa Anda oleskan VCO atau baby oil..

  59. mama kenzie June 28, 2010 at 8:02 am #

    empat hari yg lalu setelah saya baca artikel ini, saya coba kasih keju ke anak aq dicampur bubur tim. tapi pas sore hari ternyata eyang nya bilang kenzie jadi mencret2 tyus. pas malam harinya juga begitu sampai keesokan harinya. saya kasian bgt coz dubur nya itu sampai merah mungkin saking seringnya BAB. aq jadi bingung padahal pemberian nya cuma sedikit. sebagai info anak aq umurnya sudah 8bln n keju yg aq pakai keju ceddar kraft. tq

  60. tipsbayi June 16, 2010 at 6:49 am #

    bunda Yardan:

    Sama-sama.. ;-)

  61. bunda chafeeq June 15, 2010 at 5:03 am #

    Dear tips bayi… tgl 17 Juni 2010 bayi saya berusia 4bulan,apa diusia 4bulan ini sudahkah boleh diberikan makanan pendamping ASI seperti buah?kalau boleh buah apa yg boleh diberikan?sejak lahir saya selalu berikan ASI.

  62. bunda rafi June 14, 2010 at 8:07 am #

    dear tips bayi,anak ku dah 1 tahun 2 bulan, tapi BB nya cuma 8 kg trus tingginya 75cm..normal g sih??emang makannya kurang,bagi tipsnya donk..thx

  63. umi farha April 22, 2010 at 10:06 am #

    thx infonya…coz baru aja aku dapat info dari temenku katanya klo anak sering diberi makan keju bisa ‘autis’ apa benar? usia farha sekarang 8 bulan aku selalu buatkan makanan pagi bubur nasi + keju 1 slice,gppkan??kasih tips donk makanan yang simple tuk sarapan pagi farha coz aku berangkat kerja jam 6.30 setiap hari, aku gak tega klo anakku setiap pagi diberi makan sm neneknya bubur abang2 yang lewat setiap pagi atau super bubur instant yg ditambah kecap manis, menurutku makanan tsb mengandung msg dan kadar garam yang berlebih, aku takut terjadi apa2 sm farha…sekali lagi please kasih tips makanan simplenya dikirim by emailku aja ya…Thx

  64. bunda Yardan March 26, 2010 at 2:23 pm #

    wah thanks banget ya buat infonya…..ku mang lagi bingung bgt,soal boleh gak keju di kasih ke bayi usia 6 bln,kebetulan yardan sekarang baru 6 bln tapi dia dah ku kasih keju n dia suka banget,kemaren sempet aku stop,trus nafsu makannya berkurang githu.1x lagi thanx bgt ya buat infonya

  65. tipsbayi March 15, 2010 at 3:00 pm #

    sulist:

    Untuk pemberian coklat sebaiknya Anda berikan setelah bayi Anda lebih dari 1 tahun.. Itupun Anda harus hati-hati ditakutkan bayi Anda alergi.. ;-)

  66. tipsbayi March 15, 2010 at 2:42 pm #

    ibunya Azzam Dharma:

    Pekembangan kemampuan setiap bayi berbeda, belum bisa duduk tegak.. Itu tidak masalah.. Belum tumbuh gigi? Anda jangan khawatir.. pertumbuhan gigi pada setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan gigi yang sama. Faktor keturunan sangat berpengaruh..

    Mungkin Anda dan/atau suami Anda pun memiliki sejarah yang sama dengan bayi Anda… :-)

    Jika bayi Anda hingga berusia 14 bulan masih belum memiliki SATU gigi pun, Anda bisa bawa konsultasi ke dokter gigi..

  67. sulist March 13, 2010 at 3:30 am #

    bayi aku umur 9 bulan, bolehkah dikasih coklat

  68. ephie March 12, 2010 at 3:44 am #

    ok dech infonya…krn tman saya jg mganjurkan mberi keju pada mkanan anak sya.atw dberi pda bubur timnya n stelah mbaca info ini saya smakin yakin utk mberinya.

  69. ibunya Azzam Dharma March 10, 2010 at 11:14 am #

    sy mulai campurin bubur Azzam dg keju pas dia usia 6bln.sy pilih keju cheesy stlh sy gogling dan dpt merk tsb,halal,dan kadar garamnya rendah.nyarinya jg ga susah.berasnya sy pakai beras merah organik krn kaya serat jd pup nya lancar..tp kok blm tumbuh gigi sm klo duduk masih hrs disangga kanan kirinya.knp ya?trus sy ajak dia berenang,cuma pake neck ring ceburin di kolam 1meter..dia gerak2 usaha sendiri..mdh2an usaha sy berhasil.maaf ya share nya kepanjangan ;)

  70. tipsbayi February 13, 2010 at 4:29 am #

    meity:

    Sebaiknya Anda tunda dahulu pemberian garam dan bahan makanan mengandung garam tinggi pada makanan bayi Anda sampai bayi Anda berusia lebih dari 1 tahun.. itupun pemberiannya tidak boleh berlebihan.. Termasuk kecap, kita tahu garam dapur dalam kecap, kendati namanya kecap manis, kandungan garam dapurnya juga melebihi kebutuhan tubuh..

    Untuk membuat gurih makanan bayi Anda.. Sebaiknya jangan menggunakan perasa tambahan yang lain. Anda bisa menggunakan air kaldu yang bisa Anda buat sendiri atau sedikit keju.. ;-)

    Memang keju cheddar mengandung sedikit garam, kalau memang mau lebih aman ada juga keju yang dibuat khusus untuk bayi yang taste nya tidak terlalu kuat.. Untuk pemberian keju atau butter hendaknya Anda variasikan agar tidak cepat bosan..

  71. tipsbayi February 13, 2010 at 3:19 am #

    truly:

    Menurut Badan Pengawasan Pangan Obat dan Makanan (BPPOM) ada beberapa jenis bahan pengawet yang boleh digunakan dalam produksi keju, contohnya adalah sebagai berikut:

    Natrium Nitrat (Sodium Nitrat), Digunakan untuk daging olahan dan awetan, keju dengan dosis 50-500 mg/kg.

    Natrium Propionat (Sodium Propionat), Digunakan untuk olahan keju dan roti, batas penggunaan 2-3 gr/kg.

    Nisin (Nisin), Digunakan untuk keju olahan dengan dosis 12,5 mg/kg.

    Asam Propionat (Propionic Acid), Banyak digunakan untuk olahan keju dan roti. Batas maksimum penggunaan 2-3 gr/kg

    Asam Sorbat (Sorbic Acid), Digunakan untuk keju olahan. Dosis penggunaan 3gr/kg. Dll..

    Dalam penggunaan bahan pengawet yang aman bagi tubuh ini juga ada batasannya. Apabila jumlah pemakainannya tepat, pengawetan dengan bahan-bahan kimia dalam makanan sangat praktis karena dapat menghambat berkembangbiaknya mikroorganisme seperti jamur atau kapang dan bakteri.

    Maka.. Back to Nature aja ya?.. Dan untuk pemberian keju hendaknya dibatasi.. Anda boleh berikan keju maksimal 2 lembar dalam satu hari.. ;-)

  72. meity February 12, 2010 at 2:29 am #

    bayi saya 8 bln, saya berikan mentega Golden churn butter buatan new zeland, saya baca komposisinya terdapat garam… apakah aman di komsumsi bayi saya ? karena daerah tempat tinggal saya susah cari mentega unsalted.

    kalo keju cheddar juga mengandum garam, apakah aman di berikan pada bayi saya
    jika berikan keju, apakah boleh selang sehari berikan mentega terus menerus ?

  73. truly February 11, 2010 at 4:45 am #

    Apakah Keju bener2 aman buat Bayi..?

    Bagaimana dengan pengawet yang terkandung dalam KEJU..?

    Apakah utk jangka panjangnya aman buat sang anak…maksud saya apakah dengan pemberian keju sejak dini tidak menghambat atau merusak perkembangan bayi itu sendiri dikarenakan pengawet yang terkandung dalam Keju tersebut..?

    saya sering membaca, anak berusia 10 tahun sudah mendapat menstruasi..dikarenakan faktor gizi dari makanan yang dikosumsi anak tersebut, atau mungkin dikarenakan bahan pengawet yang terkandung dalam makanan yang dimakan….?

  74. tipsbayi February 10, 2010 at 4:49 am #

    Noerwidati:

    Sama-sama.. ;-)

  75. Noerwidati February 9, 2010 at 6:29 am #

    Amira puteriku 6 bulan 1 minggu, sudah saya berikan MPASI…meskipun selang seling antara yang instant ( karena saya bekerja ) dengan buatan sendiri..terima kasih tipsbayi atas info-infonya semakin menambah wawasan buat menunya amira

  76. tipsbayi February 8, 2010 at 2:43 am #

    sofie:

    Bagus bayi Anda senang keju. Anda benar.. Sebaiknya dibatasi pemberian kejunya.. Anda boleh berikan keju maksimal 2 lembar dalam satu hari.. ;-)

  77. tipsbayi February 8, 2010 at 2:40 am #

    Umi aswit:

    Amin.. :-)

  78. sofie February 7, 2010 at 1:01 pm #

    Thx ya infony…!!! Anak ku suka bgt sama keju. Sehari bisa sampe 6 lembar.b’arti harus dibatasin ya???

  79. Umi aswit February 7, 2010 at 8:14 am #

    semoga yang menyebarkan ilmu dapat berkah semua.amin…

  80. tipsbayi January 12, 2010 at 12:18 am #

    wienca:

    Bagus bayi Anda senang keju, Anda boleh berikan keju maksimal 2 lembar dalam satu hari. Anda juga bisa mensiasatinya agar bayi Anda senang bubur yaitu dengan mencampurkan jatah kejunya ke dalam bubur bayi Anda.. ;-)

    Untuk biskuit sebaiknya Anda berikan sebagai variasi atau alternatif, bahkan sebagai camilan bayi Anda saja dan untuk melatih bayi Anda belajar mengunyah..

  81. wienca January 8, 2010 at 8:27 am #

    dear tips bayi,
    anak saya sejak 6 bulan sudah saya kasih keju cheddar, setiap pagi pasti makan keju hampir habis 1/2 lembar, tp untuk makanan lainnya termasuk biskuit dan bubur bayi, dia kurang senang….

  82. tipsbayi December 14, 2009 at 4:44 am #

    Astika:

    Kalau dilihat dari tinggi badan maka berat bayi Anda termasuk ideal. Kalau dilihat dari usia maka berat badan bayi Anda memang sedikit kurang dari ideal..

    Akan tetapi Anda jangan khawatir, sepertinya bayi Anda sehat-sehat saja kok.. Makan dan menyusunya kuat kan? Tidak rewel?

    Saran berikan selalu bayi Anda makan makanan dengan gizi seimbang. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang cukup.

    Tetapkan jadwal makan yang tetap, tingkatkan kekerasan dan porsi makan sesuai dengan perkembangan usianya. Pertahankan pemberian ASI sampai bayi Anda berusia 2 atau 2,5 tahun.. ;-)

  83. Astika December 14, 2009 at 1:42 am #

    waktu umur 6 bulan sampai 7 bulan bayi saya aku kasih bubur instan, usia 8 bulan aku udah buatin bubur dari beras merah dicampur sayuran dan keju, sekarang usianya 10 bulan berat 8,2kg dan tinggi 70cm, berat lahirnya 2,9 kg, idealkah berat badannya?

  84. tipsbayi December 12, 2009 at 3:41 am #

    Bunda Ezza:

    Kami ikut senang mendengarnya Anak Anda tumbuh sehat.. :-)
    Benar sekali, pemberian menu makan sehat penuh gizi dengan teratur sesuai jadwal, selain berguna untuk tumbuh kembang anak, itu juga salah satu cara pencegahan terhadap berbagai penyakit..

  85. tipsbayi December 12, 2009 at 3:06 am #

    mama kiran:

    Untuk pengganti gula pada bubur kacang hijau, Anda bisa mencampurkan jus apel dan susu formula sekaligus sebagai pengganti santan. Meskipun santan boleh-boleh saja Anda bubuhkan dalam makanan bayi Anda akan tetapi sebaiknya santan diberikan setelah bayi Anda diatas 1 tahun.. ;-)

  86. Bunda Ezza December 11, 2009 at 6:27 am #

    alham…anak saya juga suka sekali makan keju…sekarang umurnya 1 thn 7 bulan dengan berat lbh krng 17 kilo, dan tinggi lbh krg 125 cm…
    nasi putih dengan sayur bayam merah bening trus ditambah keju kraft,
    emmm….lahap tuh makannya, apalagi plus ayam/ikan goreng…
    selain bikin cerdas, menu yang sehat juga berguna untuk tumbuh kembangnya…
    thanks tips nya…

  87. mama kiran December 6, 2009 at 7:18 am #

    tips kl u pemberian bubur kacang hikau gmn tips, apakah jg tak boleh pake gula, apa engganti gulanya??kl santan boleh ga?

  88. tipsbayi December 5, 2009 at 4:10 am #

    agil:

    Pertahankan pemberian ASI eksklusif sampai usia 6 bulan dan pemberian ASI sampai usia 2 atau 2,5 tahun..

    Bila alergi susu sapi Anda bisa memberikan susu kedelai. Bagus sekali sebagai campuran buburnya adalah ASI..

    Dianjurkan untuk memperkenalkan makanan baru tidak boleh lebih dari satu jenis dalam satu hari. Tidak menambahkan gula dan garam pada setiap MPASI dan dahulukan menu-menu tunggal jangan kombinasi.

    Sebaiknya makanan padat yang pertama kali diperkenalkan adalah makanan dari bahan beras atau cereal. Anda bisa berikan bubur susu , perhatikan reaksinya setelah pemberian MPASI. Jika tidak ada gangguan pencernaan atau tanda-tanda alergi, maka menunya bisa Anda teruskan dengan memberikan buah-buahan pada setiap satu kali jadwal makannya.. :-)

  89. agil December 2, 2009 at 6:31 am #

    tips, bayi saya 4 bln, n masih ASIX, ttp sejak lahir sudah terindikasi alergi meskipun blm ketahuan alergi thd apa saja.
    ya\g saya tanyakan :
    1. apabila sudah 6 bulan, bgmn sebaiknya pemberian MPASI-nya? apakah dg menu yg sama slm bbrp hari? ( u/ memudahkan identifikasi alergi thd apa ), berapa hari pngenalan 1 menu?
    2. apabila membuat bubur dg menggunakan susu, susu apa yg bagus u/ bayi alergi? bolehkah asi digunakan u/ campuran pembuatan bubur?
    3. bgmn pengenalan akan buah thd bayi > 6 bln ?
    thx.

  90. tipsbayi December 2, 2009 at 4:11 am #

    mama kiran:

    Kalau memang bayi Anda senang boleh saja Anda memberikan keju sedikit-sedikit.. Dan jenis keju yang boleh diberikan pada bayi kita adalah cheddar, parmesan dan mozarella, dan memang ada juga keju yang dibuat khusus untuk bayi yang taste nya tidak terlalu kuat.. Dan juga batasi hingga 1 slice keju setiap hari (maksimal)..

    Untuk pemberian air tajin boleh-boleh saja akan tetapi TAJIN, walaupun berasal dari beras, namun karena yang dikonsumsi hanya airnya, nilai gizinya sangat rendah.”Memang ada zat pati dan vitaminnya, tapi sedikit sekali. Kandungan proteinnya pun mungkin tak ada. Jadi bisa dibilang, kandungan kalori air tajin sangat kecil.” Tapi dibandingkan air biasa, air tajin memang lebih bagus, karena di dalamnya terkandung tambahan kalori. Karbohidratnya pun mudah dicerna oleh tubuh.

    Memberi makan bayi sebaiknya pada posisi duduk.. ;-)

  91. mama kiran December 1, 2009 at 4:23 pm #

    tips bayiku yg 9bl sdh aku campurkan nasi timnya dgn keju tp ttp saja makannya cm 2-3 sendok, tp kl aku beri bayiku keju tok saja tanpa dicampur ke nasi timnya dia mau, jd aku berikan sedikit2, kl seperti itu boleh g tips??
    kt org tua air rebusan nasi bagus untuk bayi, jd saya suka mencapurnya di susu nya bayi saya, karena kl saya berikan lgs agak susah minumnya . boleh g tips air rebusan nasi di campur ke susu?? dan apa benar air rebusan nasi itu bagus bwt bayi??
    satu lagi tips kl memberi makan bayi 9bln bagusnya di dudukkan atau ditidurkan??bayi saya kl ditidurin saja susah makan apalgi kl didudukkan, tp kt org tua kasih makan bayi jgn ditidurkan selain takut keselek nanti akan jd kebiasaan bwt bayi, jd sebaiknya didudukkan , nnah kl menurut tips bayi gmn??
    terimakasih tips..

  92. tipsbayi November 28, 2009 at 4:31 am #

    bunda kiran:

    Apakah bahan-bahan itu (ikan, telur, ati ayam, wortel, bayam) semua dimasak dalam satu resep? Mudah-mudahan tidak.. :-) Dengan dibiasakannya makanan instan maka bayi Anda akan terbiasa dengan rasanya yang terlalu enak, karena bubur instan banyak mengandung perasa tambahan. Jadi bayi Anda ketagihan juga..

    Anda jangan terlalu khawatir.. bayi Anda masih mau ASI dan masih masuk makanan walaupun sedikit, bayi Anda tidak rewel kan? Berarti sehat saja kok..
    Berbeda bila terjadi sebaliknya maka Anda harus segera hubungi DSA..

    Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

    * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

    * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

    * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

    * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda.. :-)

    * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya ..

  93. tipsbayi November 28, 2009 at 4:04 am #

    Bunda Kamilah:

    Yang penting jangan sedih, nanti malah ASInya tambah sedikit.. Anda harus tenang.., ASI itu kan tergantung dengan mindset kita. Kalo di pikiran Anda ditanamkan pesan bahwa “ASI saya pasti cukup buat bayi saya!”, itulah yg akan terjadi.. sebaliknya dalam benak kita terus menerus ada kekuatiran, “Duh, ASI saya sedikit banget, kayanya ngga cukup deh..” ya itu pula yg akan terjadi.. ;-)

    ASI itu hukumnya supply dan demand. semakin banyak disusui dan dipompa akan
    semakin banyak berproduksi..

    Kalau ASI disendokin bagaimana? Apakah bayi Anda mau? Untuk pengganti ASI biasanya tergantung kecocokan bayinya juga kami tidak bisa merekomendasikan salah satu merk.. Sepertinya Anda tinggal mencari botol yang pas dan cocok untuk bayi Anda dan kami kira itulah pangkal masalah kenapa bayi Anda menolak susu selain ASI.. ;-)

  94. bunda kiran November 27, 2009 at 3:58 pm #

    hi tips, sdh 3 hr ini saya coba berikan bayi saya nasi tim dgn variasi lauk ikan, telur, ati ayam dan sayuran wortel dan bayam, saya tambahkan jg keju , tp anak saya tetap susah makan, plg hanya 2-3 suap sendok kecilitupun susah sekali menyuapinya…aduhh tips saya sampai stress dibuatnya. bayi saya skg sudah 9bln 3mg, dia minum sufor 5-6 kali sehari @120ml, sejak 6bln saya berikan bubur tim instant/biskuit 2xsehari tiap pagi dan sore, itupun agak susah makannya. skg saya mau mulai berikan dia nasi tim karena saya mau membrikan yg alami untuk anak saya tp kok susah sekali membrikan anak saya makan ya tips, saya ajak main sambil makan jg tetap g mau makan anak saya..saya benar2 bingung dan stress tips.., saya takut kl cm diberi susu saja itu tak akan mencukupi kebutuhan gizinya dan perkembangannya g akan maksimal..tolong pencerahannya tips

  95. Bunda Kamilah November 26, 2009 at 12:44 pm #

    Dear Tips, Kamilah kalo sama ASI mau banget. Tapi kalo dari botol juga tidak mau. Dan sudah beberapa hari ini ASI nya kok sedikit sekali ya. Ada Tips nda biar ASI bisa melimpah. Saat ini saya juga minum suplemen untuk ASI. Saya mulai khawatir dengan kurang nya produksi ASI. Karena kalo malam Kamilah masih minum ASI 2-3 kali. Kalo ASI tidak keluar dan susu Kamilah tidak mau gawat kan. Tips ada saran ga merk susu apa yang sekiranya cocok dan banyak di senangi oleh Bayi Tks responnya ya.

  96. tipsbayi November 25, 2009 at 3:18 am #

    Bunda Kamilah:

    Apakah diberi ASI mau? Bisa saja bayi Anda bukan tidak cocok dengan dot nya akan tetapi tidak cocok dengan susunya.. :-)

    Anda bisa mencoba tetap memberikan ASI dengan cara memompa ASI dan memberikannya oleh anggota keluarga yang lain ketika Anda tidak sedang di rumah.., berikan ASI yang dipompa dengan dot yang cocok dengan bayi Anda atau bisa disendoki..

    Anda juga bisa mensiasatinya dengan mencampurkan jatah ASI atau sufornya ke dalam makanannya.. ;-)

  97. Bunda Kamilah November 21, 2009 at 2:28 pm #

    Banyak hal nih yang bisa di dapet dari Tips Bayi. Anakku 4.1bl Susunya kurang banget. Sampe ga berani telp rumah kalo lagi kerja..takut denger berita buruk.Sekarang Kamilah sudah aku kasih makan. Minta petunjuk dan pencerahan dong gimana caranya biar Kamilah mau minum susu. Segala macam dot sudah di coba. Kalo merk susu aku baru coba 2 merk BMT dan SGM dua-duanya ga berhasil… Mohon petunjuk dan pencerahannya ya…

  98. tipsbayi November 21, 2009 at 3:49 am #

    Anonymous:

    Benar bu.., meskipun sudah mendapatkan MPASI kebutuhan ASI agak sedikit berkurang akan tetapi makanan utamanya masih tetap ASI.. Jadwal di atas tidak termasuk pemberian ASI di sela-sela jadwal makannya. Kami hanya cantumkan ASI di awal dan ahir hari saja, selebihnya ASI bisa diberikan sesuai permintaan bayi Anda.. karena semakin banyak ASI Anda berikan pada bayi Anda maka itu semakin bagus.. ;-)

    Untuk penyimpanan makanan yang akan Anda sajikan dalam satu hari Anda bisa menyimpan dalam lemari es biasa, dan untuk menghangatkannya bisa dengan cara menyimpannya diatas air panas pada tempat yang lebih besar. Perlu diperhatikan makanan bayi jangan sampai dipanaskan berulang-ulang di atas kompor..

  99. tipsbayi November 21, 2009 at 3:44 am #

    bunda ihsan:

    Memang benar, kebutuhan ASI atau sufor bayi yang sudah mendapatkan MPASI akan sedikit berkurang. Akan tetapi pada sela-sela jadwal makannya Anda bisa tetap memberikan ASI sesuai dengan minat dan permintaan bayi Anda. Bahkan lebih baik Anda memberikan ASI daripada air putih..

    Jadwal makan ihsan yang telah Anda berikan sudah bagus.. Wah sepertinya ihsan tumbuh sehat ya..? :-)

  100. Anonymous November 20, 2009 at 1:08 pm #

    ya tips bayi kok jadwal susunya sedikit sekali ya hanya 2x sehari yg biasanya 5 kali sehari, menurut info yg prnah saya baca bayi dibawah usia 1th makanan makanan utamanya susu, jd walaupun diberikan mpasi, susunya jgn dikurangi scara drastis. pemberian susu 2x sehari baru untuk bayi 1th keatas. bagaimana menurut tips bayi?, dan untuk penyimpanan makanannya knp harus di freezer, kl di simpan di kulkas bawah saja bgmna?, krn rencananya makanannya itu untuk 1hari itu saja dgn menu yg sama dan kl di freezer memanaskannya agak sulit…

  101. bunda ihsan November 19, 2009 at 7:08 am #

    kalo melihat jdwal pemberian makanan bayi umur 9-12bln, sususnya koq sedikit ya? hanya jam 6 dan 20. apakah di sela2 jadwalnya itu blh di beri susu? anak saya 8 bln 2hr, makannya sdh 3x. Jadwalnya
    5.00 asi
    7.00 bubur tim
    8.00 asi (karena saya blm brgkt kerja)
    9.00 sufor 90ml
    10.00 jeruk atau buahan lain
    11.00 sufor 90ml
    12.00 bubur tim
    14.00 sufor 90ml
    15.00 sufor 90ml(setiap 1 jam)
    18.00 makan malam (tim)

    apakah jadwal itu bagus untuk anak saya?

  102. tipsbayi November 14, 2009 at 1:12 am #

    Kalau masalah BB, bayi Anda masih tergolong normal.

    Untuk jadwal pemberian makanan bayi usia 9-12 bulan, Anda bisa mengacu pada pola berikut:

    06.00 ASI
    08.00 Bubur
    10.00 Buah / camilan
    12.00 Bubur dengan aneka sayur & protein hewani
    14.00 Buah / camilan
    17.00 Bubur dengan aneka sayur & protein hewani
    20.00 ASI

    Untuk penyimpanan tim saring, sebaiknya Anda menggunakan freezer. Anda bisa menggunakan tempat es batu ukuran agak besar, atau “tupperware”. Ketika akan menyajikannya, Anda bisa menggunakan microwave atau dipanaskan di atas kompor.

    Ketika memanaskannya, jangan lupa untuk mengaduk makanan tersebut dengan merata, untuk menghindari “gumpalan panas” yang mungkin terbentuk pada makanan.

  103. Anonymous November 13, 2009 at 6:59 am #

    umur bayi saya 9bln, bb 8,9kg dgn pjg 75cm, sdh bgskah pertumbuhan ank saya??, sejak lahir minum sufor dan mulai usia 6bln saya berikan biskuit dan bu2r tim instant, dulu makannya agak susah dan baru2 ini dia baru mulai mau makan. skg saya berikan dia sufor 5-6 kali sehari @ 120ml, kira2 sebulan bisa habis 4-5 kaleng yg 800gr dan makan bu2r tim instant/biskuit 2 kali sehari jam 7pg dan jam 4sore. sebenarx saya ingin menambah makannya jd 3x sehari tp saya kesulitan mengatur dgn jam minum susunya sedangkan mulai jam 7 malam bayi saya sdh tdr sampai jam 4 subuh.
    - apakah saya perlu mengurangi susunya dan mengganti dgn makan bubur
    - tlg tipsbayi buatkan jadwal makan dan minum susu anak saya dlm sehari
    - saya akan mulai mencoba membuat bubur tim saring, tetapi bgmana cara penyimpanannya, baikkah disimpan dalam magic jar??

    terimakasih tipsbayi, sata tunggu jawabannya lho..

  104. tipsbayi November 2, 2009 at 3:53 am #

    rere :

    Sebaiknya makanan padat yang pertama kali diperkenalkan adalah makanan dari bahan beras atau cereal, Anda bisa berikan bubur susu atau biskuit bayi+susu, perhatikan reaksinya setelah pemberian MPASI. Jika tidak ada gangguan pencernaan atau tanda-tanda alergi, maka menunya bisa Anda teruskan dengan memberikan buah-buahan pada setiap satu kali jadwal makannya..

    Untuk pertama berikan MPASI lebih encer dan berikan ASI/sufor campurannya lebih banyak agar rasanya tidak terlalu jauh dengan ASI.. :-)

  105. tipsbayi November 2, 2009 at 3:35 am #

    vita :

    Untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, kalori dan protein yang terkandung dalam keju sangat baik untuk kecerdasan dan tumbuh kembangnya. Keju pun dinilai oleh para ahli gizi sangat baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang anak.

    Jadi meskipun bayi Anda belum tumbuh gigi, Anda boleh mencampurkan keju pada makanannya.. Hanya saja sebaiknya Anda fariasikan makanan bayi Anda agar bayi Anda tidak cepat bosan.. :-)

  106. rere October 31, 2009 at 12:42 pm #

    bayi saya genap 5 bln n BBnya 7,5kg.sejak umur 1mggu udh minum sufor krn asi saya bnr2 sdikit n si kecil minumnya bnyk bgt,mklumlah cwoq,hehehe n kata dktrnya emng hrs diberi sufor agr perkembangannya bs naik n direkomendasikan olh dktrnya BMT PLATINUM. skrg saya coba untuk diberi juice pepaya,tomat n jeruk sunkist,kira2 aman ga ya untuk si kecil ya mash 5 bln itu? oya pup si kecil jg ga tiap hari,3-4 hri sekali tapi dia ga merasa kesakitan,fine2 aja ttp ceria tp sbg ibu sy ttp khawatir.thx bgt ya….

  107. vita October 27, 2009 at 2:12 am #

    makan keju dgn campuran mknan lainnya untuk tiap hari berbahaya ga ya utk anak usia 11 bln sementara anaknya belum ada gigi satu pun

  108. tipsbayi October 27, 2009 at 1:12 am #

    Ira :

    Sudah kami balas via email.. :-)

  109. Ira October 26, 2009 at 8:50 am #

    Slm knl.. Br bbrp hr ni sy tau ttg Tipsbayi.tyt isiny bgs2 bgt..nyesel g tau dr dl2.
    Mo tanya dong.. Sy ingin skli mmliki e-book 12 Bln Ptma,tp bgtu sy mskin almt email mncl tlsn bhw format almt email sy ‘nonvalid email address’. Mksdny ap ya?trs sy hrs bgmn?sy g py krtu dbt/krdt/paypal. Tlg dong tipsbayi,please…
    Mksh sblmny.

  110. tipsbayi October 12, 2009 at 3:58 am #

    Fenny leo :

    Gejala alergi makanan pada bayi dan anak anak lebih sering berupa gangguan pencernaan baik itu diare maupun konstipasi. Pemberian ASI ekslusif dipercaya mampu mencegah bayi terkena alergi terhadap keju atau makanan..

    Semua jenis buah yang rasanya manis, aromanya tidak menyengat dan tekstur seratnya lembut boleh Anda berikan kepada bayi Anda yang berumur 10 bulan..

    Memicu munculnya batuk atau tersedak.., biasanya seratnya yang kasar mengakibatkan gatal pada tenggorokan ..

    Makan es krim bagusnya setelah bayi Anda lebih dari 1 tahun, karena perasa gulanya tinggi juga, itupun Anda coba bila bayi dalam kondisi sehat dan dicoba sedikit dulu untuk melihat efek apakah bayi Anda elergi atau tidak..

    Boleh saja makan pedas meski begitu sebaiknya ibu jangan mengonsumsi makanan yang terlalu merangsang karena ada juga bayi yang menjadi kembung..

    Mohon maaf kami terlambat menjawabnya.. :-)

  111. cici October 10, 2009 at 2:58 am #

    Pada umur berapa tumbuh gigi yang pertama? Coz bayi Chika sekarang sdh umur
    8 bln 11 hari tapi blm jg tumbuh gigi, pdhl gusinya sdh keras n sdh berlubang2 spt tempat utk gigi tumbuh gitu. Pada usia skrg Chika sdh minta berdiri dan sdh banyak celotehnya. Apakah berdiri pd usia skrg berbahaya untuk usianya?? Adakah pengaruhnya dengan tinggi badannya kelak??
    Krn sy pernah dengar katanya : kalau baby blm waktunya berdiri ( meskipun atas kemauan sendiri ) jgn dulu diberdirikan, krn kaki akan menumpu BB jadi tinggi badannya kelak akan terpengaruh. Benarkah??
    tx b4

  112. Fenny leo October 1, 2009 at 7:24 am #

    Reaksi apa yg dtmbulkn pd baby yg alergi pd makanan,trutama keju??
    Apa baby 10bln uda dprbolehkn makan smua jenis buah??
    Apa bnar ada bbrp buah yg mnybabkn batuk??
    Apa baby 10bln uda boleh makan icecream??
    Apa bnar ibu mnyusui tdk boleh makan pedas??
    Maaf trlalu bnyk prtanyaan,tolong djawab smua ya,thanx.

  113. tipsbayi September 12, 2009 at 4:10 am #

    rini :

    Jadwalnya sudah bagus fariasi makanannya sudah cukup tetapi masih mungkin untuk Anda memberikan fariasi makanan yang lainnya, Anda bisa mulai mengenalkan ikan atau daging pada campuran tim nya.., apakah selama ini bayi Anda terlihat cukup dengan jadwal seperti itu, apabila kurang maka Anda bisa berikan jadwal makan siang dengan tim saring lagi dan jadwal buah pindah pada jam 10 pagi atau jam 3 sore..

    Untuk pemberian jenis makanan baru untuk bayi Anda sebaiknya jangan lebih dari satu jenis setiap harinya.. :-)

  114. tipsbayi September 11, 2009 at 4:44 am #

    Yuhan :

    Anda jangan terlalu khawatir, meskipun bayi Anda tergolong gemuk selama bayi Anda lincah dan perkembangan kemampuannya baik, ArRAyyan masih mendapatkan ASI eksklusif itu sangat bagus.. pertahankan terus.., pemberian ASI yang dipompa ketika Anda kuliah sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan susu ArRayan, Anda bisa coba berikan dengan cara disendoki atau mencari dot yang cocok dengan keinginan bayi Anda

    Biasanya bayi yang elergi susu sapi belum tentu elergi susu kambing, tetapi apabila Anda ragu.. pemberian ASI sudah cukup dan pilihan paling tepat .. :-)

  115. tipsbayi September 11, 2009 at 4:30 am #

    lilik :

    Bagus Anda campurkan dengan nasi tim, kandungan gizinya tidak akan hilang.. :-)

  116. tipsbayi September 11, 2009 at 4:28 am #

    sherly vitria :

    Hmm.. sedikit ya..? Kami tidak tahu ukuran sedikit seukuran apa ya.. :-) tetapi sebaiknya jangan berikan perasa dahulu sebelum bayi Anda berumur satu tahun..

    Campuran makanannya sudah bagus sepertinya lezat walaupun tidak Anda tambah dengan perasa lain.., wah jadi lapar nih.. :-)

  117. tipsbayi September 11, 2009 at 4:23 am #

    Ken :

    Sebenarnya untuk bayi Anda yang sudah berumur 10 bulan sudah lebih leluasa memberikan berbagai jenis ikan, bahkan ikan laut pun boleh Anda berikan.., fariasikan pemberian makanan pada bayi Anda agar tidak cepat bosan, jangan lebih dari satu jenis makanan baru yang Anda perkenalkan pada bayi Anda..

    Untuk makanan bayi, Anda bisa saja menyimpannya dalam frezer dan bisa Anda hangatkan ketika akan disajikan.. :-)

  118. rini September 11, 2009 at 4:06 am #

    anak saya tgl 14 sept 09 ini usianya 7 bulan,saya mau kasih dia tim saring…trus saya bingung mau kasih campuran untuk nasi timnya apa coz pas usia 6 bulan anak saya kasih jam 8 pagi bubur kacang ijo/beras merah dicampur sufor jam 1 siang buah pisang dicampur jeruk baby,pepaya,apel kukus/pear kukus dicampur jeruk baby+sufor,jam 5 sore saya kasih makan kentang+sufor,ubi merah+sufor,labu parang+sufor….apakah jenis makanannya masih kurang…trus jadwal makannya sudah benar?makasih sebelumnya…maaf banyak tanya maklum bunda baru..

  119. Yuhan September 9, 2009 at 5:58 am #

    Putra saya umur 4bln BB nya 8,5kg, lahir dg BB 3kg PB 50cm. belum MPASI n hnya mgkonsumsi ASI tiap 1jam, tdk doyan sufor sapi ataupun soya(alergi susu sapi pula,prnh saya coba)..
    Haruskah saya cemas dg BB nya yg cukup lebih..catt: saya doyan sayur bgt n tdk mgkonsumsi gula dlm bntuk apapun scr brlebih, kami bkn keturunan gemuk(ayahnya bahkan cenderung kurus),& anak saya polahnya lincah banget..

  120. Yuhan September 9, 2009 at 5:50 am #

    Apa bisa dipastikan keju kambing tdk akan menimbulkan alergi thd putra saya yg alergi thd sufor sapi?

  121. Yuhan September 8, 2009 at 1:01 pm #

    Anak saya 5bln 1minggu,BB lhr 3kg PB 50cm,bln kmren saat 4bln BBnya 8,5kg(bln ini blm timbng n pst nambah)..blm MPASI,hny ASI tiap 1jam,tdk doyan SUFOR+alergi..haruskh saya cemas dg BB nya?

  122. Yuhan September 8, 2009 at 12:33 pm #

    Usia 4bln kmren(aug 03rd 09) ArRAyyan 8,5kg.lhr BB3kg PB50cm LK34cm.
    Blm prnh dberi MPASI sekalipun,hanya ASI tiap 1jam(sesuai prmintaan doi),tdk doyan sufor+alergi.
    Haruskah saya cemas dg BB nya?dg catt : saya tdk mgkonsumsi gula brlebih, saya sgt suka sayur, Kami jg bkn kturunan gemuk n baby lincah bkn main diusiax yg 5bln skg..apa bs dpastikan keju kmbing tdk akan mnimbulkan alergi?thx b4

  123. Yuhan September 8, 2009 at 12:21 pm #

    usia 4Bln kmrn(aug 03rd 09) BB ArRayyan 8,5kg ,saat lhr BB3kg PB50cm LK34cm..blm prnh dberikan MPASI sekalipun, hanya ASI yg tiap 1jam pasti diminta,cukup mrepotkan saat saya hrs kuliah krn sufor sapi ArRayyan alergi+ tdk doyan,asi dperas dtaruh dbotol jg tdk mau.alhasil tiap saya plg kuliah psti wajahnya cemberut sambil ngenyot tangan.apa yg harus saya lakukan agar doi mw asi dlm btol.
    Tips bayi hrskah saya cemas thd BBnya?apa bisa dpastikan keju kmbing tdk akan menimbulkn alergi thd ArRayyan?thx b4

  124. lilik September 7, 2009 at 7:42 am #

    thanks bua a a anget infonya…………….
    menurut pengalaman q, dulu waktu anak pertama, keju selalu aku campur dengan nasi tim. apakah kandungan gizinya akan hilang?

  125. sherly vitria August 31, 2009 at 4:50 am #

    Anak saya berumur 8 bln 9 hari, saya mau nanya untuk penambah rasa makanan pada bubur anak saya selalu beri keju yang dicairkan bersama nasi tim yang dicampur dengan wortel, ikan salmon, yang kemudian saya masak..setelah itu saya beri kecap manis sedikit.. salah ga????
    terima kasih (^_^)

  126. Ken August 31, 2009 at 2:59 am #

    Anak saya umur 10 bulan persis, jenis ikan apa yg baik diperkenalkan???
    Selama ini hanya ati ayam dan abon yang bergantian saya berikan selain telur ayam kampung.
    Lalu apakah menu yang disajikan harus fresh tiap kali akan diberikan?
    Karena selama ini, saya menyiapkan nasinya untuk 3 kali makan dalam 1 hari, sedangkan sayur memang selalu mendadak saya siapkan.
    terimakasih

  127. tipsbayi August 25, 2009 at 3:49 am #

    yeni lastri :

    Apakah yang pertama Anda berikan adalah bubur instan? Kalau ya.., jelas karena rasa bubur instan banyak tambahan yang berbeda dengan bubur buatan sendiri.., akan tetapi bubur sendiri jelas LEBIH BAGUS, hanya saja Anda perlu memodifikasi rasanya kembali.. ;-) Anda bisa tambahkan susu ASI atau sufornya lebih banyak agar rasanya lebih terasa enak.. ingat jangan dulu diberi gula atau garam..

    Berat badannya IDEAL .. :-) tingginya 66 cm ya ?

  128. Lili Karmela F August 22, 2009 at 3:58 pm #

    makasih sekali atas infonya, alhamdulillah sampai saat ini saya masih memberi ASI. Porsi makan cukup kok ga terlalu banyak, tapi memang anakku suka. Ok saya senang sekali dengan adanya ebook ini…sukses terus…

  129. yeni lastri August 22, 2009 at 1:43 pm #

    hai…. saya mau minta tips nich
    anak ke dua saya namanya adzan, umurnya udah 6 bulan dan sudah mulai makan.
    saya pernah buatkan dia bubur nasi yang di saring,tapi dia malah ga mau malah sampe mau muntah, tapi kalau di kasi bubur instan dia lahap.
    kira2 bagus ga ya kalau di kasi bubur instan terus? berat badannya 7,5 ideal ga ya?

  130. tipsbayi August 22, 2009 at 4:44 am #

    Lili Karmela F :

    Wah bayi Anda pasti lucu.. ;-)
    Berat ideal untuk bayi 7 bulan adalah 8 kg panjangnya 67,5, jadi bayi Anda termasuk ideal tuh..

    Untuk jadwal makan sudah bagus.., perhatikan juga porsi makannya, sepertinya porsi makan buburnya banyak ya..? Bila porsi makan buburnya sedikit bisa ditambah menjadi 3 kali, buah 2 kali pada jam 10 pagi dan jam 3 sore.., tapi sepertinya jadwal makan bayi Anda sudah cukup bagus kok.. :-)

    Berikan ASI terus …

  131. tipsbayi August 22, 2009 at 3:44 am #

    ma2 syfa :

    Untuk pemberian vitamin sebaiknya Anda konsultasikan dan periksakan dahulu dengan DSA atau ahli gizi, karena setiap bayi akan berbeda kebutuhan jenis vitamin yang diperlukannya..

    Meskipun boleh memberi vitamin sebagai penambah nafsu makan, tetap harus dicari penyebabnya, kenapa bayi tidak senang makan? Karena anak, apalagi bayi, sulit makan bisa karena berbagai penyebab.

    Pemberian vitamin yang berlebihan memang tak memberi efek samping
    yang buruk, karena kelebihan itu akan dibuang secara otomatis jika tubuh sudah merasa kebutuhannya tercukupi, tetapi tetap saja harus hati-hati, soalnya, kebanyakan vitamin bisa membuat bayi diare juga.. :-)

  132. Lili Karmela F August 21, 2009 at 2:17 pm #

    Anak saya (laki-laki) sekarang usia 7 bln krng 1 mg, berat badan tr akhr 2 mg yl 8,2 kg, panjang 67 cm. waktu lahir beratnya 2,6 kg, panjang 47 kg. Apakah sudah seimbang berat badannya ? Saat ini saya telah memberi MPASI berupa bubur yang saya buat sendiri dan selalu saya kasih keju parut. Alhamdulillah anak saya menyukainya. Saya memberi makan bubur anak saya pagi jam 8, makan buah (pisang atatu pepaya atau melon) siang jam 12, kemudian makan bubur lagi jam 4 sore. Apakah sudah benar jadwal pemberian makan untuk anak saya ?

  133. ma2 syfa August 21, 2009 at 1:15 pm #

    thnks bgt infony,tp smp skrg syfa msh g mo mkn,kra2 bleh g ya dksh prduk vtmin pnmbh nafsu mkn gt buat ank?kl bleh yg bgusny merk apa ya?

  134. elfa August 19, 2009 at 9:04 am #

    ank sy Athar saat ini udh 11bln.Alhmd tumbuh kembangnya baik,makannya bnyk.skrg giginya udh 6,trus kl berdiri sendiri udh agk lama,mulai suka dititah,apalagi kl dorong kursi smbl jalan,senengnya:) sejak umur 7bln,sy mulai ngasih keju kdlm nasi tim saringnya.tnyt dia suka,lahap.dulu sempat ngasih garam ke nasinya,skrg g lg

  135. Babyaholic August 13, 2009 at 3:34 pm #

    Keju makanan fav anak saya dari usia 8 bulan …. sampai skarang saya masih kasih sedikit keju di campuran makanannya … setiap dicampur keju, dia lahap bgt makannya ….

    thanx ya info nya …

  136. nelly August 12, 2009 at 7:30 am #

    Alvino ku skrng umurnya 8 bln 2 minggu, waktu baru menginjak umurnya 8 bln, saya rajin membuat nasi tim sendiri dan pst menambahkan keju cheddar pd saat membuatnya, ternyata alvini suka bgt, awalnya saya ragu klo keju takutnya ga bgs bwt bayi, tp setelah membaca ebook ini saya ga ragu lg, tq ya ebook, atas info2nya yg cerdas. Goodluck ebook….:)

  137. vita August 12, 2009 at 5:09 am #

    trims ya info nya

  138. tipsbayi August 11, 2009 at 4:50 am #

    cici :

    Bayi Anda sehat.. termasuk tinggi juga, benarkah bayi Anda elergi susu sapi? pernahkah Anda memberikan susu sapi dan terlihat reaksi elerginya? Bila bayi Anda berikan ASI adalah pilihan yang tepat sekali, karena elergi atau tidak terhadap susu sapi tetap ASI harus diberikan karena ASI makanan terbaik untuk bayi Anda..

    Biasanya bayi yang elergi terhadap susu sapi pasti juga dengan produk turunannya termasuk keju.., sebagai gantinya Anda bisa mencari keju dari susu kambing memmang agak sulit mendapatkannya di indonesia.. :-)

  139. tipsbayi August 11, 2009 at 4:42 am #

    vita :

    Bagus sekali bayi Anda di berikan seafood, Anda boleh mencoba dulu sedikit untuk mengetahui apakah bayi Anda tidak elergi terhadap ikan laut.. :-)

  140. tipsbayi August 11, 2009 at 4:39 am #

    ma2 syfa :

    Maaf baru dijawab..:-)
    Wah.. terlihat syfa senang berekplorasi dengan makanannya.., memang benar sebaiknya Anda mempunyai lebih banyak variasi makanan alternatif untuk mensiasati syfa yang sudah terlihat pintar milih-milih nakanan..:-)

    Tunggu saja resep makanan yang baru dari kami .. :-)

  141. cici August 7, 2009 at 8:40 am #

    Umur anak saya 6 bulan lebih 1 minggu. BB lahir 3200 gram panjang 48 cm dengan lingkar kepala 35 cm. Sekarang BB 6250 gram dan panjang 68 cm dan lingkar kepala 41 cm normalkah?. Bayi saya tidak terlihat gemuk juga tidak kurus, tapi bayi nya aktif. Sekarang sudah bisa duduk sendiri meski belum tegak lurus. Waktu lahir bayi muncul merah-merah dimuka. Dan waktu itu oleh dokter saya dilarang makan seafood, telor dan susu sapi. Sekarang bayi saya sudah mendapat MPASI. Yang saya mau tanya : Apakah anak saya termasuk alergi susu sapi? Kalau pada saat bayi dia alergi apakah sekarang masih karena saya mengkonsumsi susu sapi padahal bayi masih minum asi dan tidak ada dampak yang timbul karenanya. Bolehkan MPASI ditambahkankeju untuk anak yang alergi susu sapi, jika boleh, keju jenis apa yang aman untuknya??????

  142. vita August 5, 2009 at 7:20 am #

    tinggal berapa hari lagi usia kayla 9 bln, boleh ga makanannya dicampur sama seafood seperti cumi atau kepiting? kl ikan saya biasa kasih ikan salmon dan kayla sangat suka.

  143. ma2 syfa August 4, 2009 at 7:29 am #

    syfa udh dibiasakn mkn sndri,tp wduh..stu ruangan bs2 pnuh dgn bks maemannya…sy prhtikan syfa kykny mls maem nasi.mauny maem yg lain2 kyk kue..dmana ya bs dptin resep kue2 taw puding buat babyku?skrg syfa tmbh g mo mkn,lhat nasi aj udh geleng2,bngung jdny..tar gziny gmana?ap krn mo tmbuh gi2 ya? kmrn dlht kykny gi2 atsny mo tmbuh lg,gi2ny skrg udh 6..

  144. tipsbayi August 4, 2009 at 3:56 am #

    ma2 syfa :

    Makan rotinya banyak..? Bila syfa masih doyan roti berarti .. sepertinya masalah syfa hanya kebosanan menu saja.. :-) , Anda bisa mencari menu alternatif yang syfa suka, misal puding roti, kue mangkok, skutel, biskuiomelette dan bnyak lagi deh..

    Apakah syfa sudah dibiasakan makan sendiri?

  145. tipsbayi August 4, 2009 at 3:44 am #

    vita :

    Memang betul terkadang bayi yang sudah mendapatkan MPASI akan sedikit berkurang nafsu minum susunya, solusinya Anda bisa campurkan sufor/ ASI ke dalam makanan kayla.., hingga kurang lebih sehari semalam kayla mendapatkan susu sekitar 600 ml..

    Mencampur dua merk sufor tidak apa-apa.. tetapi perlu diperhatikan expire date-nya ..

    Sepertinya keju dicampurkan ke dalam daging giling enak juga.. ;-) , kalo bisa selingi dengan makan buah ya..

  146. tipsbayi August 4, 2009 at 3:37 am #

    ichel :

    Bila memang elergi sufor.. bisa kok bubur susunya dicampur ASI.. ;-) malah lebih bagus..

    Maksudnya keju dicampur ke dalam biscuit yang dilarutkan? Boleh saja..

  147. ma2 syfa August 1, 2009 at 8:04 am #

    thnks infony..syfa 3 hr lg 1 thn tp udh 2 mgu ni g doyan maem,jd dksh jus buah,roti n suforny aj,ckup g ya?ad yg pny saran?

  148. vita July 17, 2009 at 6:56 am #

    sekarang usia kayla sudah masuk 8 bulan tapi kenapa minum susunya susah yach, sampai saya akalin dengan mencampur dua merk susu formula hasilnya kayla mau minum susu lagi tapi apa ada pengaruh ga ya dengan tingkat gizi nya ? satu hal lagi boleh tidak mecampur keju dengan bubur yang dimasak dengan campuran daging giling ?

  149. ichel July 15, 2009 at 8:36 am #

    baby ku br sarjana ASI dan mulai MPASI.tp sepertinya dia alergi sufor dan bubur susu,jadi aku kasih dia biskuit plain,buah pepaya dan pisang.bisa ga kalo kejunya dicampur ke biskuit?

  150. tipsbayi July 6, 2009 at 3:36 am #

    baby ilyas :

    Hmm.. kira-kira seberat 2 slice keju.. ;-)

  151. linna chrisnawati July 6, 2009 at 3:24 am #

    ok juga infonya tapi babyku baru 3 bulan

  152. linna chrisnawati July 6, 2009 at 3:23 am #

    ok dech,menarik juga infonya tapi berhubung babyku baru 3 bulan belum bisa makan keju deh.

  153. baby ilyas July 4, 2009 at 8:49 am #

    Umur anak saya 9 bulan 3 minggu dia suka sekali keju,saya berikan dia keju jenis cheddar tapi yang kotak bukan yang slice…jika maksimal pemberian 1 slice maksimal,berapa banyak pemberian maksimal untuk keju kotak?…..

  154. tipsbayi July 2, 2009 at 4:31 am #

    Yeni lastri :

    Kurangi susu ! Di atas usia 1 tahun kebutuhan susu hanya 2 gelas sehari, variasikan menu makan anak Anda, jika perlu buat menu makan anak minimal selama 1 minggu utk mempermudah ibu mengatur variasi makanan, atur makanan selingan atau cemilan jauh sebelum waktu makan tiba, beri juga cemilan yang sehat spt potongan buah, sayur kukus, keju, yoghurt, es krim, cake buatan ibu, dsb.

    Perhatikan & ubah kebiasaan, termasuk kebiasaan makan. Ingat, anak merekam, belajar & menerapkan semua hal yang ia dapat dari lingkungan sekitarnya, terutama orang tua. Biarkan anak mencoba memakan makanan sendiri sejak dini, tanpa disuapi. Gak perlu takut berantakan. Feeding is about learning. Bina komunikasi yg baik, jangan paksakan anak kalau tidak mau makan, beri makanan ringan yg padat kalori, ciptakan suasana makan yang menyenangkan.. :-)

  155. tipsbayi July 2, 2009 at 3:10 am #

    Anonymous :

    Pemberian juice pada bayi Anda cukup 1 kali setiap hari, bisa diberikan sebagai minuman penutup makan siang atau diberikan tersendiri sekitar jam 10 pagi..

    Buah yang cocok untuk bayi yang berasa manis tidak masam berserat lembut seperti pepaya, melon, jeruk manis, pisang, pear, apel, strawbery..

    vita :

    Gigi pertama akan muncul biasanya ketika bayi berusia 5-7 bulan tetapi perkembangan dan pertumbuhan bayi berbeda-beda.

    Dilihat dari umur maka berat segitu agak kurang ya.., tapi bila dilihat dari panjang maka berat segitu ideal, kesimpulannya berat kayla agak kurang.., ini bisa saja bukan nutrisi yang kurang tapi memang keturunan, pertahankan pemberian gizi yang seimbang, perhatikan jadwal makan dan istirahat.. :-)

    Sudahkan Anda membaca artikel berikut :

    http://www.tipsbayi.com/index.php/gigi-bayi-anda-muncul-jangan-khawatir

  156. Yeni lastri July 1, 2009 at 11:41 pm #

    sala kenal
    saya punya anak umur 2 tahun makannya su….sah bnget, kalau makan nasi paling bnyak 3 sendok. Tp minum susunya kuat, bsa ga kasi saya tips biar anak saya nafsu makannya kuat. Karna makan kan sangat penting untuk pertumbuhannya.

  157. vita June 30, 2009 at 5:44 am #

    usia normal gigi sudah mulai tumbuh, usia brp ? kayla saat ini usia nya 7bln lebih susah sekali dikasih mkn + minum susu apa ini salah satu tanda tumbuh gigi? kayla lahir 2,740kg sekarang 7 bln berat 6,5kg dengan panjang 64 lingkar kepala 43. untuk usia tsb berat badannya sudah normal atau masih kurang ? bgmn cara mengatasinya ?

  158. Anonymous June 29, 2009 at 7:07 pm #

    Tips tentang garam bermanfaat bgt.trims. Kalo pemberian juice pada babyku yg 7 bln brapa kali ya dalam 1 hari? Buah yg aman untk d cerna apa aja.

  159. Ary Anjar Guntur saputra June 29, 2009 at 12:56 am #

    Alhamdulillah terimkasih banyak atas jawaban nya , smoga ini bisa menambah pengetahuan bagi kami dalam membesarkan buah hati kami ,
    salam kami sekeluarga

  160. vita June 28, 2009 at 5:38 am #

    trims ya atas masukkan mengenai garam untuk baby

  161. tipsbayi June 27, 2009 at 3:28 am #

    vita :

    Setahu kami tidak ada hubungannya garam dengan menaikan berat badan.. :-)

    Untuk menaikan berat badan.. berikan nutrisi kaya gizi pada bayi Anda variasikan menu makannya agar bayi Anda tidak bosan, buat jadwal makan dan istirahat yang teratur..

  162. tipsbayi June 27, 2009 at 3:22 am #

    Ary Anjar Guntur saputra :

    Jawabannya tentu saja sebaiknya tidak diberikan sebelum 1 tahun, lebih baik tidak menambahkan segala sesuatu sehingga menambah beban tubuh bayi Anda, selain kemungkinan tidak menyehatkan.

    Fungsi ginjal bayi Anda belum cukup matang untuk menyisihkan kelebihan mineral dalam garam dapur. Maka segala jenis menu dengan kandungan garam dapur, apalagi yang berlebihan, sebaiknya dijauhkan dari menu harian bayi Anda.

    Natrium sudah mencukupi dari bukan garam dapur, tubuh memang membutuhkan mineral natrium yang dapat diperoleh dari garam dapur, namun tak perlu mengonsumsi khusus garam dapur jika natrium yang terkandung dalam bahan makanan alami sudah mencukupi.

    Yang telah terjadi mudah-mudahan tidak ada efek buruknya.., berikan selalu ASI pada bayi Anda.. :-)

  163. vita June 26, 2009 at 8:32 pm #

    saya membuat bubur kayla tadinya tidak diberi garam, tetapi kayla badannya tetap saja kurus, ada teman yang bilang coba diberi garam saja sedikit buburnya alhasil tetap saja tidak mempengaruhi . kalau masalah nafsu makan menggunakan garam atau tidak tetap saja kayla nafsu. memang mempengaruhi garam dengan menaikkan berat badan ?

  164. Ary Anjar Guntur saputra June 26, 2009 at 4:24 am #

    Mohon penjelasan nya donk, bagaimana kalau sebelum setahun makanan bayi sudah di beri perasa semisal garam, kadang hal ini terjadi karena kesalahan orang tua yang tidak tau, dan apakah yang akan terjadi? dan bagaiamana dampak terhadap si kecil ? serta bagaimana cara menanggulanginnya. Thanks untuk bantuannya

  165. tipsbayi June 26, 2009 at 3:02 am #

    diana :

    Ya.., makanan bayi sebaiknya tidak diberi garam dan perasa lainnya sampai lebih 1 tahun karena belum kuat diproses oleh ginjalnya. ASI dan formula sudah mencukupi kebutuhan garam ditubuhnya.. :-)

  166. tipsbayi June 26, 2009 at 2:22 am #

    yuliani astina :

    Idealnya umur 6 bulan antara 6,5 kg – 7,5 kg dan panjang antara 59,5 cm – 66 cm, berat badan bayi Anda ketika lahir memang termasuk besar, apakah ada keturunan dari keluarga Anda yang berbadan besar?

    Jika bayi diberikan makanan sesuai dengan umur dan tahapan perkembangan usianya, kecil kemungkinan anak bakal gemuk (kecuali keturunan), berikan bayi Anda asupan gizi yang seimbang dan jadwal makan juga minum ASI yang teratur..

    Selalu berikan ASI karena lemak dalam susu sapi lebih tinggi dari lemak ASI, jika sudah terlanjur di beri sufor karena ASI tidak keluar lagi maka berikan dan pilihlah susu nonfat, yang sudah dibuang lemak susunya, bayi Anda hanya membutuhkan kandungan protein susunya.. :-)

  167. diana June 24, 2009 at 8:38 am #

    mksh y udh jwb p’tnyaanku…sya mo tnya lagi neh..sebaiknya pemberian garam dan gula pada bayi dimulai umur berapa ya??? kmdian untuk pemberian merica dan santan apakah harus ditunda smpe umur 1thn..??trims alot dech

  168. yuliani astina June 24, 2009 at 7:13 am #

    skrg anak sy umurnya dah 6 bln. tapi berat badannya dah 9 kg… apakah itu kelebihan berat badan??? untuk umur 6 bln, brp harusnya berat rata2 anak saya. utk info. anak saya pas lahir beratnya 3,7 kg. apa solusinya agar tidak kelebihan berat badan???

  169. vita June 19, 2009 at 8:33 pm #

    trims ya atas masukannya

  170. tipsbayi June 19, 2009 at 3:26 pm #

    @vita:

    Tergantung kemampuan bayi Anda, tapi biasanya agar lebih aman dan mudah ditelan serta dicerna, kejunya dicampur dengan buburnya.

    Setelah pemberian keju, boleh saja Anda memberikan susu kepada Kayla, namun harap diiingat, batasi hingga 1 slice keju setiap hari (maksimal).

  171. vita June 18, 2009 at 8:36 am #

    kayla sudah masuk usia 7 bln , saya mau menanyakan cara memberikan keju terhadap anak usia 7 bulan dicampur dengan makanan buburnya atau keju sebagai makanan selingan seperti halnya pemberian buah ada jam-jam tertentunya ( saya memberikan kayla buah pada jam 10 pagi atau 4 sore sebagai makanan snacknya ) dan apa setelah memberikan keju apa kayla boleh di berikan susu.?

  172. tipsbayi June 16, 2009 at 3:11 am #

    tringapiani :

    Kebutuhan Anda akan kalsium tetap tinggi, seperti halnya waktu sedang hamil. Ibu menyusui mesti makan setidaknya 3-4 jenis makanan kaya kalsium setiap hari, keju adalah salah satu sumber kalisium dan protein yang dibutuhkan oleh Anda selain dari susu, ikan, dan yang lainnya.

    Anda sebagai Ibu menyusui membutuhkan konsumsi minimal 2.300 kalori perhari. Tentu saja berupa menu dengan gizi seimbang dan beragam makanan. Kebutuhan akan protein meningkat dan pastikan setiap kali makan terdapat protein dengan takaran pas. Daging, daging unggas, makanan laut, telur, kacang-kacangan, tahu, dan berbagai produk susu merupakan sumber protein yang baik.

    Produksi ASI juga membutuhkan asupan air. Jadi, paling tidak minumlah dua liter air perhari. ;-)

  173. tipsbayi June 16, 2009 at 2:43 am #

    ummi aqila :

    Beberapa sebab bayi kurus:

    1. Asupan nutrisi yang kurang seimbang
    2. Memasuki usia 6 bulan bayi sudah lebih banyak bergerak atau beraktivitas dan pertumbuhannya mengarah ke pertinggian badan.
    3. Bayi menderita sakit, misalnya gangguan pencernaan atau penyerapan makanan dan diare sehingga nafsu makan berkurang dan berat badannya menjadi turun.

    Dalam kondisi seperti ini, Anda tidak perlu cemas, untuk mengatasinya yaitu dengan memberikan nutrisi yang tepat dan seimbang sesuai perkembangan bayi Anda, antara lain pemberian karbohidrat, protein, lemak, kalori, vitamin dan mineral yang seimbang. Berikan jadwal makan dan istirahat yang tepat, kami yakin kondisi aqila sehat.. ;-)

    Jika berbagai upaya telah dilakukan tetapi aqila tetap kurus dan tambah kurus, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter agar dapat dilakukan tindakan yang tepat.

  174. tringapiani June 15, 2009 at 1:15 pm #

    Thanks banget buat infonya, akan sangat bermanfaat buat aku karena sedang ada baby yang usianya baru 1,5 bulan. Tapi ada sedikit pertanyaan, bagaimana kalau pada saat menyusui, sang ibu mengkonsumsi keju sedangkan baby baru usia 1,5 bulan. Apa akan ada pengaruhnya juga. jika ada rekan yang mengetahui jawabannya, sekiranya dapat berbagi dengan saya. Thanks

  175. ummi aqila June 15, 2009 at 4:55 am #

    makasi atas infonya yah,,,aqila sekarang dah 9bln tp BBnya hanya 7,0kg,saya masih bingung gimana supaya ngejar 3xBBlahir yg 3,0kg berarti usia 1th harus 9,0kg. tolong kasih tipsnya yah.makasih.Aqila anaknya aktif sekarang dah mulai berdiri,dan ditatah jalannnya.
    Alhamdulillah aqila sejak 7bln dah dikasih keju,tapi senangnya dilahap tanpa langsung tanpa dicampur ke tim nya.

  176. papapio June 12, 2009 at 5:16 am #

    Wah luar biasa, sebelumnya terimakasih untuk Tips bayi, memang saya sempat bertanya tanya apakah si Kecil boleh di beri keju olahan atau Processed cheese. Alhamdulillah anak saya sampai dengan saat ini masih dapat ASI dan umurnya sekarang 3 bln, jadi saya bisa menambahkan keju pada buburnya. makasih info tentang keju ya…………..

  177. tipsbayi June 11, 2009 at 3:35 am #

    ery chenlina :

    Normal kok.. ;-) memang pertumbuhan dan perkembangan setiap bayi berbeda, kerusakan gigi terjadi akibat perawatan yang tidak tepat. Untuk mencegah kerusakan pada gigi, maka gigi harus dirawat sedini mungkin..

  178. tipsbayi June 11, 2009 at 3:29 am #

    yuliani astina :

    Bahan dasar keju biasanya selain terbuat dari susu sapi bisa juga terbuat dari susu kambing atau susu kerbau..

  179. ery chenlina June 10, 2009 at 8:05 am #

    anak saya sdh 9 bulan, giginya sekarang tumbuh 8 biji, apakah itu normal?.. apakah benar kalo gigi cepat tumbuh maka juga akan semakin cepat rusaknya

  180. yuliani astina June 10, 2009 at 7:28 am #

    wah…. thanks btg infonya tentang boleh tidaknya bayi dikasi keju. kebetulan anak saya skg umurnya 6 bln. jadi saya bisa menambahkan keju pada buburnya buburnya. tapi saya masih ragu karena kayaknya anak saya alergi terhadap susu sapi, apakah ada keju yang tidak mengandung susu sapi,,??

  181. tipsbayi June 10, 2009 at 2:59 am #

    diana :

    ASI merupakan makanan pertama yang paling baik bagi awal kehidupan bayi. Mengandung nilai gizi berstandar emas yang sagat dibutuhkan oleh bayi dengan jumlah kandungan yang tepat dan menyediakan antibodi atau zat kekebalan untuk membantu melawan infeksi. ASI juga mengandung hormon dan berbagai faktor pemacu pertumbuhan. Kadar asam lemak yang tiggi dalam ASI mampu melindungi bayi dari kemungkinan alergi terutama yang memiliki riwayat kurang toleran terhadap makanan atau alergi seperti asma atau askema. Kadar zat besi dalam ASI rendah, tetapi zat besi dalam ASI mudah diserap dan akan bergabung dengan cadangan zat besi dalam tubuh bayi sendiri. Komposisi ASI juga beradaptasi dengan pertumbuhan bayi dan perubahan kebutuhanya

    Pemberian ASI eksklusif (pemberian air susu ibu kepada bayi yang dimulai sejak lahir hingga bayi berumur 6 bulan tanpa tambahan cairan dan makanan lain) adalah tetap pilihan terbaik . ;-)

  182. Ary Anjar Guntur saputra June 10, 2009 at 2:25 am #

    Alhamdulillah anak saya sampai dengan saat ini masih dapat ASI dan umurnya dah 17 bulan , sejauh ini si kecil saya perhatikan lincah dan aktive sekali, pengen tau ini dan itu, dan itu membuat kami gemez , saya bekerja di perusahaan susu dan keju yang brands nya dah cukup terkenal, tapi dari mulai lahir hingga kini kami tidak memberikan susu formula untuk buah hati kami, hanya ibunya yang selalu mengkonsumsi susu yang kami jual. bukankah ASI jauh lebih baik dari susu Formula apapun dan berapun harganya ? thanks

  183. diana June 9, 2009 at 4:32 am #

    tnya neh…ap bnr anak yg diberi ASI plus susu formula akan lebih aktiv dibanding dg anak yng hny ASI aj??? trims y ats jwbnnya…

  184. Ary Anjar Guntur saputra May 28, 2009 at 2:29 am #

    Wah luar biasa, sebelumnya terimakasih untuk Tips bayi, memang saya sempat bertanya tanya apakah si Kecil boleh di beri keju olahan atau Processed cheese, karena kebetulan saya bekerja di salah satu perusahaan asing yang membuat dan menjual keju, sekarang terjawab sudah pertanyaan itu selama Ini, sekali lagi terimakasih atas infonnya , salam kami sekeluarga

  185. tipsbayi May 26, 2009 at 2:43 am #

    ery chenlina :

    Boleh yang jenis cheddar kan..? Jangan lebih dari 2 slice..

  186. tipsbayi May 26, 2009 at 2:41 am #

    Ibunya Air :

    Memang benar .., jenis keju yang boleh diberikan pada bayi kita adalah cheddar, parmesan dan mozarella, dan memang ada juga keju yang dibuat khusus untuk bayi yang taste nya tidak terlalu kuat.

  187. tipsbayi May 26, 2009 at 2:21 am #

    Sarah :

    Almat surat ; Kav. DKI Cipayung i/1
    Jakarta – 13840

  188. ery chenlina May 25, 2009 at 8:56 am #

    kalo keju kraft yg diiklan TV itu gimana? apakah boleh… trus berapa banyak biasanya bisa diberikan pada bayi diatas 8 bulan..

  189. Heny May 25, 2009 at 2:52 am #

    Tq bgt infonya….

  190. Ibunya AIR May 25, 2009 at 2:00 am #

    soal keju untuk bayi, dari yang pernah saya baca adalah keju memang boleh di berikan pada bayi tapi bukan sembarang keju, dan sebaiknya keju murni. begitu dari yang saya tahu, walau saya sendiri belum pernah memberikan keju untuk AIR, 8bln.
    mohon informasinya untuk jenis keju yang bai untuk bayi (6bln keatas)
    tks.

  191. ery chenlina May 20, 2009 at 9:22 am #

    thx. untuk info pemberian keju untuk bayi.. saya baru tau ini kalo bayi yg diats 6 bulan sdh boleh diberikan keju..
    bila ada tips makanan sehat untuk bayi, tolong infoin kesaya lagi ya…thx

  192. ayahnya affuan May 20, 2009 at 7:16 am #

    thank you infonya tips bayi… mengenai pemberian keju pada si kecil…
    meski anak saya baru berusia 3 bulan tapi ini akan dijadikan referensi saat nanti anak saya sudah memakan makanan padat.

  193. arie May 19, 2009 at 5:58 am #

    thx ya tipsnya…………, ditunggu utk tips yang lainnya

  194. sarah May 18, 2009 at 8:09 am #

    sore, alamat surat tipsbayinya ko ga ada aku mau dong dapet tips baby cos anak ku sudah berumur 2 tahun

  195. yuli mamae lili May 13, 2009 at 3:27 pm #

    thanx bgt tambahan ilmunya.kalo mama bikin jajan yang pake keju wahhh pasti rebutan sama lili.bahas juga donk kelebihan dan kekurangan coklat.ok,.thanx b4

  196. mimi May 12, 2009 at 9:31 am #

    artikelnya bagus n sdh di tunggu lama, thanks

  197. tipsbayi May 8, 2009 at 3:15 am #

    >> widiantoro:

    Wah, jangan dulu Pak. Bayi seusia itu idealnya HANYA diberikan ASI hingga usia 6 bulan.

    >> bunda zha:

    1. Jangan terlalu banyak memberikan keju, apalagi jika usianya masih 7 bulan. Batasi saja hingga 1 slice setiap hari (maksimal).

    2. Berat 6,3kg pada usia 7 bulan, masih berada pada 0,8BB bayi ideal, artinya masih tergolong normal, apalagi jika bayinya aktif.

    Kalau dari gambaran yang Anda ceritakan, sepertinya bayi Anda normal dan sehat kok BU, buktinya dia aktif…

    >> uvi:

    Anak yang alergi keju memang belum tentu alergi terhadap susu sapi.

    Tapi sebaliknya, anak yang alergi susu sapi, bisa dipastikan ia akan laergi terhadap semua produkturunannya, termasuk keju.

    Kok bisa begitu?

    Alergi itu kan merupakan suatu reaksi berlebihan tubuh terhadap protein tertentu, nah salah satunya adalah protein yang terdapat pada keju. Keju itu memang produk susu sapi tapi mengalami proses pengolahan sehingga terbentuklah protein lain yang tidak didapat pada susu sapi itu sendiri…

  198. niar May 7, 2009 at 8:42 am #

    makasih info tentang keju ya…………..

  199. kartining May 7, 2009 at 8:39 am #

    mksih atas pnjelasannya meski aku belum punya anak aku jadi tau semua.makasih

  200. uvi May 7, 2009 at 8:30 am #

    karena anak gak begitu suka susu, saya coba tambahkan keju ke nasi timnya, makannya jadi tambah lahap,namun sayang wajahnya jadi merah-merah. Kayaknya alergi. Tapi kenapa kalo sama susu tidak alergi ya?

  201. bunda zha May 7, 2009 at 4:53 am #

    maksih ya infonya..
    Makasih jug buat e-booknya.bisa terbuka wawasannya..
    ank saya ZHA,bisa dikatakan susah sekali makan..num su2nya juga ,nah baru 1 minggu ni aja tiap makannya dikasih sedikit keju ternyata lahap banget makannya..apakh ga pa2 setiap makanny dicampur keju??apa ga pa2 sering2 dan banyak?
    dan juga mau nanya lagi:

    anak saya BB nya baru 6.3kg (7 bulan),apakh itu normal??,dari 6 bulan dah bisa du2k,dan sekarang sudah merangkak??kalau makan itu sedikit,,kalua banyak2 nanti muntah..minum su2nya juga kurang..bingung deh..apakah dy kurang gizi?
    tapi dy terlihat lincah sekarang juga sudah bisa berdiri sendiri dengan bertahan berpegangan pada kita atau benda2 lain.

    sampe sekarang gi2nya belum tumbuh, lambat kah?walaupun kalau diraba gusi bawahnya,tyerasa ada tajam2 gitu,apa itu pertanda mau tumbuh gi2 dan jga sering keluar air liur..

    Mohon pengalamn ayah bunda lain ya..
    makasih juga tipsbayi

  202. widiantoro May 7, 2009 at 3:42 am #

    apakah boleh memberi keju pada bayi usia 3bulan,kalo boleh keju apa yang baik?serta bila tidak apa akibatnya?makasih atas sarannya

  203. tipsbayi May 6, 2009 at 11:55 pm #

    >> novi:

    Sementara ini baru 1 nih:
    http://www.tipsbayi.com/index.php/resep-makanan-bayi-tim-saring-ayam-dan-keju

    >> nino:

    Bisa dicoba sedikit-sedikit, sambil diamati reaksi pada bayi Anda. Jika ia tidak alergi terhadap susu sapi, maka kemungkinan besar ia juga tidak akan alergi terhadap keju.

    >> Gatot:

    Untuk anak usia > 1 tahun, usahakan maksimal 3 lembar…

  204. Gatot Kusbinuko May 6, 2009 at 10:54 pm #

    Wah…infonya pas banget…kebetulan anak saya suka makan keju,
    kalau makan keju aja gak pake roti atau apapun kira2 maksimal 1 hari berapa yah? apa tetep 3 lembar aja maksimal 1 hari?

  205. nino May 6, 2009 at 3:33 pm #

    untuk anak di bawah 1 tahun
    keju bisa menyebabkan alergi nggak ya ?

    masih takut juga nih

  206. fenie May 6, 2009 at 12:48 pm #

    terima kasih kesetiaannya selalu mengirimkan info lengkap soal bayi. saya sangat terkesan dgn info diatas makasih banyak yahhh!! sukses selalu

  207. novi May 6, 2009 at 7:35 am #

    kasih dong aneka resep makanan bayi utk usia 6 bln keatas dengan tambahan keju.tq

  208. Mas Yu May 5, 2009 at 7:00 pm #

    Terima kasih informasinya.. anak saya ngak doyan susu formula sama sekali, tapi kalo keju mau.. usia 1 th, masih asi plus bubur, atau nasi tim.. berat masih kurang, mungkin baru sekitar 8 kg.. ada saran dr ortu lain? susu formula apa yang kira2 oke.. selama ini yang sudah dicoba bebelac2, dancow, pregesmil (saran dokter), morinaga.. saran harap ke msyuono@yahoo.com..

  209. Kamelia May 5, 2009 at 1:40 pm #

    Thanks ya atas infonya. Karena anak saya sangat suka mengkonsumsi keju. Saya sempat sedikit khawatir. Sekali lagi tx a lot

  210. tipsbayi May 5, 2009 at 9:35 am #

    >> Rohmadi:

    12 Bulan Pertama memang hanya kami buat dalam bentuk ebook dan sengaja tidak mencetaknya. Banyak juga keuntungannya lho, diantaranya:

    - Menghemat ongkos produksi, sehingga harganya tidak mahal
    - Menghemat kertas… sesuai dengan konsep “go green”… sudah berapa banyak kayu kita ditebang habis buat cetak buku?

    >> Rini:

    Boleh saja.

    >> Siswati:

    Keju terbuat dari susu sapi atau kambing murni yang dipasteurisasi terlebih dahulu.

  211. fernando May 5, 2009 at 9:12 am #

    memang sih waktu anak kami brusia 8 bulan giginya baru tumbuh dua sampai dia berusia 10 bulan tp setelah kami beri keju gigi yang lain mulai tumbuh juga…
    Makasih artikelnya…

  212. SISWATI May 5, 2009 at 8:41 am #

    apakah yg terkandung di dalam keju itu adalah susu formua bayi??

  213. Ayah Fidela May 5, 2009 at 7:45 am #

    Menurut saya… selama masih dalam batas wajar gpp koq. Beli keju yg byk, tugas orang tua yg mengatur pemberian ke anak, sisanya… buat Ayah & Bunda Fidela deh. Semua senang kan…… :)

  214. vita May 5, 2009 at 7:01 am #

    waduh senang banget dapat info mengenai keju boleh tidak buat baby, walaupun anakku masih baru mau 6 bulan beberapa hari lagi. kalau ada resep untuk makanan baby untuk 6 bulan dengan bahan keju boleh donk kirim ke email saya elviana_novita@yahoo.com

  215. irfan May 5, 2009 at 5:45 am #

    memang keju enak. Tapi harap diperhatikan dalam pemberian makanan yang mengadung susu termasuk keju kepada bayi yang alergi. Sebaiknya, diberikan secara bertahap dengan satu jenis keju.

  216. mama calvin May 5, 2009 at 5:43 am #

    makasih ya u/ infonya….
    semoga bermanfaat u/ mama2 yg lain
    selamat mencoba berkreasi dgn keju

  217. Rini May 5, 2009 at 4:49 am #

    Terima kasih informasinya….
    Kadang menu siang hari tuk anak saya, saya kasih keju. Dengan merebus aneka sayur dengan kuah dan saya tambah keju. Bagus tidak ya keju yang di rebus ?

  218. mamalea May 5, 2009 at 3:21 am #

    saya pun selalu menambahkan keju untuk makanan Lea. kadang saya ganti dengan butter (unsalted), wangi dan rasanya hampir sama dg keju. keju or butter is a must…

  219. Rohmadi May 5, 2009 at 2:30 am #

    “Mudah-mudahan Allah, memberikan kemuliaan dan menambah ilmu kepada setiap orang yang menjadi jalan datang nya Ilmu” berkenaan dengan Ebook 12 Bulan Pertama kenapa tidak dicetak dalam bentuk buku..? karena tidak semua orang mampu mengoprasikan komputer..

  220. Yenny May 5, 2009 at 2:02 am #

    Terimakasih untuk infonya, soalnya baru-baru ini aku juga memberikan bayiku keju dan ternyata dia suka sekali.

  221. dyah May 4, 2009 at 1:18 pm #

    tanks bgt y.. pas bgt,rencananya besok saya mo kasih bayi saya bubur tim pake keju..
    dengan info ini, saya jd tau ttg keju.. kl blh, minta info lengkapnya lg ya…
    makasih.

  222. mamajordan May 2, 2009 at 9:32 am #

    setiap bikin makanan buat baby saya, saya selalu kasih keju buat ‘penyedap’ rasanya.. suatu hari saya ganti dengan garam, ternyata makannya tidak selahap waktu pake keju.. apapun menunya wajib harus ada rasa kejunya..

Leave a Reply