Nitrat dalam Sayuran

Betulkah beberapa jenis sayuran mengandung nitrat yang tidak aman untuk bayi Anda? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak…

Asal Usul Nitrat

Nitrat merupakan unsur alami yang terdapat pada tanah dan merupakan gabungan dari Nitrogen dan Oksigen. Setiap tumbuhan memerlukan Nitrat, karena sangat membantu pertumbuhan dan proses fotosintesis. Namun jika jumlah Nitrat pada tanah berlebihan, sehingga lebih banyak dari yang diperlukan oleh tumbuhan, maka Nitrat ini bisa mencemari air tanah.

Sebagian besar kelebihan kadar Nitrat pada tanah terjadi karena penggunaan pupuk yang berlebihan. Tentu saja ini tidak akan terjadi pada tanah yang ditanami oleh petani organik.

Bahaya Kelebihan Nitrat

Ketika Nitrat masuk ke dalam tubuh kita, maka tubuh kita akan memprosesnya menjadi Nitrit. Selanjutnya Nitrit dapat mempengaruhi kinerja Hemoglobin dalam membawa dan mengalirkan oksigen dalam darah kita. Gangguan ini bisa kemudian mengakibatkan Hipoksemia, atau rendah oksigen.

Bahaya Kelebihan Nitrat pada Bayi

Bayi berumur kurang 3 bulan memiliki usus dengan tingkat keasaman yang rendah. Kondisi ini dapat menyebabkan proses peningkatan Nitrat menjadi lebih cepat pada dan mengarah pada Hipoksemia. Bahkan peningkatan Nitrat yang dratis pada bayi bisa menyebabkan Methemoglobinemia dan mengancam keselamatannya.

Mengurangi Resiko

Peningkatan Nitrat yang berlebihan pada tubuh bayi bisa terjadi karena 2 kemungkinan:

  1. Penggunaan air dengan kandungan Nitrat tinggi – untuk membuat susu formula, misalnya
  2. Konsumsi makanan dengan kandungan Nitrat tinggi

Sayuran seperti wortel, kacang hijau, bayam dan bit bisa mengandung Nitrat sama atau bahkan lebih banyak dibandingkan air tanah dan bayi yang berusia kurang dari 3 bulan seharusnya tidak mengkonsumsinya.

Jadi, sehubungan dengan Nitrat, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  1. Jika Anda menyiapkan susu formula menggunakan air tanah yang dimasak, ada baiknya untuk memeriksa kadar Nitratnya terlebih dulu
  2. Bayi yang menerima ASI Eksklusif tidak beresiko terkena Methemoglobinemia
  3. Jangan memberikan sayuran pada bayi yang belum berusia 3 bulan. Bahkan MPASI baru dianjurkan setelah bayi Anda berusia 6 bulan
  4. Setelah bayi Anda berusia 6 bulan, pemberian sayuran organik dapat mengurangi resiko Hipoksemia

Tidak ada artikel yang berhubungan.

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

109 Responses to Nitrat dalam Sayuran

  1. mega April 19, 2013 at 5:13 am #

    saya selalu menyimpan sayur2an dalam tuperware yang khusus buat sayur,,,sampai satu minggu pun sayuran masih tetap segar,,,wortelpun tidak layu sama sekali,,,tp walaupun masih fresh apa gizinya tidak berkurang,,,sebaiknya penyimpanan sayuran itu maksimal berapa hari? walaupun dalam tuperware khusus sayur?

  2. Putri January 22, 2013 at 2:31 am #

    saya mau tanya, bayi saya umur 9 bulan tapi sudah saya kenalkan dengan fresh mix jus sayur dan buah seperti pear,apple, jeruk, brokoli dan wortel?apakah ada efeknya buah dan sayuran tersebut tidak kita kukus atau rebus dulu?mohon info nya. terima kasih.

    • tips-bayi January 29, 2013 at 1:22 am #

      Putri,

      Sudah 9 bulan ya..? Insya Allah tidak apa-apa asal buah dan sayuran benar-benar bersih dan higienis.. ;-)

  3. Lia January 1, 2013 at 2:22 am #

    mkanan tunggal dahulu agar tahu jika bayi kena alergi?
    Kemudian bln 7 dikasih bubur saring.
    Gmn tips?
    Saya takut bayi saya susah bab..soalnya sekarang udah jarang bab (5bln).sjk usianya 5bln,babnya jd 10hari sekali..saya masih ASI eksklusif.
    3. Pemberian pure buah,bubur jika ditambah air matang saja gmn?saya coba perah asi tp sdikiit,kira2 cm 50ml :(
    Anak saya 5,5bln baru 6kg (bb 6kg,pb 63cm,lk 40cm)
    4. Utk bayi 6bln apakah blh diberi biskuit?saya baca info lain,blh diberikan utk 8bln…oya saya ga mau yg pabrikan,tp yg homemade saja..apa ya resepnyaa?
    trims tips,dibalas yaaa..

  4. Susi May 14, 2012 at 6:02 am #

    thanks y tips u/ infonya bagus banget, nambah ilmu pengetahuan lg niehhh…

  5. wina ilmiana March 1, 2012 at 2:27 am #

    assalm. wr. wb.
    terimakasih utk info2nya, sgt bermanfaat untk sy sbgai ibu baru. sy mhon info2ny d krim ke email sy y.. sy tunggu..

  6. diah February 24, 2012 at 4:26 am #

    dear tim tips bayi,

    mau tanya niyh, kalau sayur oyong bagus ga ya utk bayi 6bulan? trus apa saja kandungan dalam sayur oyong?

    tks, ditunggu infonya yaaa….

    • tips-bayi February 29, 2012 at 3:33 am #

      @ diah,

      Sayur Oyong mengandung beberapa zat kimia, seperti saponin triterpen, luffein, citruline, dan cucurbitacin. Getahnya mengandung saponin, lendir, lemak, protein, vitamin B, dan vitamin C. Kandungan kimia juga terdapat pada biji, bunga, serat sabut, daun, dan batang blustru.

      Daunnya dapat dimanfaatkan sebagai obat disentri, melancarkan air seni, melancarkan haid pada wanita, obat muntah, dan penawar racun ular. Di samping itu, daun mudanya dapat juga digunakan sebagai obat asma.

      Bijinya ternyata juga berkhasiat sebagai peluruh, terutama peluruh kencing, peluruh haid, dan pencahar. Sementara akar blustru rasanya manis berkhasiat melancarkan sirkulasi darah, dan menghilangkan bengkak. Khasiat yang bisa didapat dari batangnya antara lain melancarkan sirkulasi darah.. ;-)

  7. indah February 11, 2012 at 7:04 am #

    Tips bayi saya 3 hari lagi 11 bulan, sampai skarang saya masih memberinya bubur saringkarena pertumbuhan giginy terlambat, giginy baru 4, dua seri atas dan dua seri bawah, saya takut dia tidak bisa mengunyah dengan baik, apakah sdh bisa saya alihkan ke bubur tim tanpa saring?

  8. indah February 11, 2012 at 7:01 am #

    Tips bayi saya 3 hari lagi 11 bulan, sampai skarang saya masih memberinya bubur saringkarena pertumbuhan giginy terlambat, giginy baru 4, dua seri atas dan dua seri bawah, apakah sdh bisa saya alihkan ke bubur tim tanpa saring?

    • tips-bayi February 22, 2012 at 2:57 am #

      @ indah,

      Insya Allah sudah bisa bu.. Anda rubah dengan bertahap tekstur makanannya menuju makanan yang lebih padat lagi.. ;-)

  9. tini February 8, 2012 at 1:58 pm #

    terima kasih utk info yang bermanfaat.aku jd tdk takut lg

    • tips-bayi February 13, 2012 at 4:58 am #

      @ tini,

      Sama-sama..
      Benar.. dengan adanya ILMU maka akan semakin PD dan tidak akan cepat gentar.. :-)

  10. pipip January 26, 2012 at 8:21 am #

    hay tips bayi
    saya mau tanya nih tentang pemberian garam ada makanan bayi, kenapa ga boleh ya?
    usia anak saya 11 bulan, apakah di usia ini masih tidak boleh diberi garam dalam makanannya?
    mulai usia berap tahun anak boleh mengkonsumsi makanan spt orang dewasa (misal; sayur sup) ?
    makasih infonya ya.. ;)

    • tips-bayi February 3, 2012 at 2:49 am #

      @ pipip,

      Fungsi ginjal bayi Anda belum cukup matang untuk menyisihkan kelebihan mineral dalam garam dapur. Maka segala jenis menu dengan kandungan garam dapur, apalagi yang berlebihan, sebaiknya dijauhkan dari menu harian bayi Anda.

      Natrium sudah mencukupi dari bukan garam dapur, tubuh memang membutuhkan mineral natrium yang dapat diperoleh dari garam dapur, namun tak perlu mengonsumsi khusus garam dapur jika natrium yang terkandung dalam bahan makanan alami sudah mencukupi..

      Termasuk kecap, kita tahu garam dapur dalam kecap, kendati namanya kecap manis, kandungan garam dapurnya juga melebihi kebutuhan tubuh..

      Benar.. salah satu pengganti garam adalah keju.. silahkan baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/pemberian-keju-untuk-bayi-boleh-tidak.html

      Pertahankanlah untuk tidak memberikan garam atau bumbu sejenisnya pada makanan bayi Anda sampai bayi Anda berusia lebih dari 1 tahun.. itupun pemberiannya tidak boleh berlebihan..
      Diatas satu tahun atau ketika tekstur MPASI bayi Anda sudah nasi.. maka Anda bisa bertahap memberikan makanan seperti dewasa.. ;-)

  11. Mama Bahrain November 28, 2011 at 4:13 am #

    Anakk baru 6,5 bulan tapi sudah aku kenalkan berbagai macam sayur. dia doyan banget dan alhamdulillah tidak alergi. aku sering sekali mencampur sampai 5 macam sayuran untuk makannya ( wortel, tomat, bayam/buncis, labu kuning, kentang). dia suka dan makan banyak ( 2x porsi awal setelah aku campur2 bgini). yang aku mau tanyakan niy, sebenernya bahaya ga siy mencampur terlalu banyak macam sayuran begitu untuk si kecil? karena bayam dan wortel kan nitratnya tinggi. bisakah babyku kelebihan nitrat klo bgtu? apalagi dia makan 3x sehari dengan menu yang sama. MOHON PENCERAHANNYA ya…. terima kasih

    • tips-bayi December 14, 2011 at 3:29 am #

      @ Mama Bahrain,

      Anda sudah tahu kan cara memperlakukan sayur yang nitratnya tinggi..? Sajikan dengan fresh.. :-)

      Sebenarnya sayur dicampur-campur begitu tidak apa-apa.. hanya saja apakah rasanya enak? maksudnya apakah bayi Anda tidak keberatan dengan rasanya..? Anda sudah coba bagaimana rasanya..? sebaiknya sebelum Anda menyajikan untuk bayi Anda, hendaknya Anda coba dulu.. :-)

      Lagi pula jika macamnya tidak banyak.. kita jadi bisa melihat bagaimana reaksi bayi kita terhadap makanannya.. Berikan jenis sayuran setiap hari dengan macam yang berbeda agar bayi Anda tidak cepat bosan..

  12. Yuniar October 26, 2011 at 4:15 am #

    senang akhirnya nemu site ini, beberapa pertanyaan terjawab seputar Bayi. Tq ya tipsbayi.

    • tips-bayi December 1, 2011 at 3:39 am #

      @ Yuniar,

      Sama-sama.. ;-)

      Kami juga senang bisa berbagi pengalaman dengan Anda dan semua para bunda..

  13. tia December 22, 2010 at 4:58 am #

    hey tips bayi
    saya mau tanya,
    apa sih akibat dari anak 6 bulan memakan makanan kondisi dingin dari lemari es?
    jadi keponakan saya selalu makan bubur saring yang kondisinya dingin,
    kalau tidak dingin dia sulit untuk makan,
    ada saran gak untuk itu,

    terima kasih

    • tipsbayi January 4, 2011 at 1:21 am #

      @ tia,

      Tinggalnya di daerah panas ya..? Sama halnya dengan kita orang dewasa, bayi pun ingin merasakan segar apabila suasana sekitar panas.. Kalau keponakan Anda suka dan sudah biasa itu tidak apa-apa.. ;-) Hanya saja sebaiknya dihindari jika dalam keadaan batuk atau flu.

  14. aya December 6, 2010 at 10:18 am #

    Hi slm kenal ..anak ku umur 8 bulan aq sudah mmperkenalkan MPASI seperti sayuran wortel,bayam,buncis,brokoli,kembang kol,labu kuning,dll tp knapa yah ko berat badannya tdk meningkat klihatannya kurus tp ank ku cukup tinggi.Knapa ya…?
    Kelebihan Nitrat yg terdapat dlm sayuran bisa mempengaruhi berat badan bayi?
    anak jg alergi dengan yg amis seperti hati ayam n sapi n ikan, gmn yah solusinya…?
    aq takut klu g d ksih skarang sampai besar tidak suka ikan…kra2 makanan pengganti utuk mnambah protein & lemaknya ap yach…?
    Bayi yg berumur kurang dari 1 tahun boleh g sih d kasih vitamin secara bayiku tidak ASI lg…?Please kasih solusi/saran…..thanks yach tips bayi….

    • tipsbayi January 4, 2011 at 1:13 am #

      @ aya,

      Mohon maaf baru dijawab.. ;-)

      Tepat sekali Anda memperkenalkan sayuran seperti itu pada menu makan bayi Anda. Agar pertumbuhan tulang atau tinggi maupun beratnya tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.. Pemberian gizi tidak hanya satu segi saja, tetapi harus seimbang antara pemberian protein, karbohidrat, lemak, kalori, dan vitamin. Sumbernya pun tidak harus yang mahal, lebih baik dari yang murah. Seperti protein, tak harusdari hewani saja. Dari nabati pun bisa. Misalnya bayi diberi tahu dan tempe.. ;-)

      Dan perencanaan pola makan dengan gizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.. Pertahankan ASI.. !

      Apabila bayi Anda alergi dengan ikan atau makanan amis, maka sebaiknya Anda hindari dulu untuk sementara. Karena Alergi pada anak memang bukan suatu penyakit. Alergi adalah reaksi hipersensitivas tubuh terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing atau berbahaya. Reaksi alergi biasanya muncul bila anak memiliki kecenderungan bawaan (genetik).. Jangan khawatir jika itu alergi tidak berbahaya..

      Anda jangan khawatir, kasus alergi susu sapi umumnya akan hilang saat anak berusia satu tahun ke atas atau sudah berusia 15 tahun.

      Akan tetapi jika bayi Anda menolak makanan amis hanya karena tidak suka dengan amisnya, maka sebaiknya Anda mulai sedikit-sedikit untuk membiasakan agar bayi Anda segera bisa adaptasi. Anda juga bisa mensiasatinya dengan memberikan bumbu alami agar tidak terlalu amis. Contoh bumbu alami adalah bawang bombai, bawang merah, bawang putih, bawang daun, seledri, salam, serai, daun jeruk, kemangi, lengkuas, kunyit, kencur. Hanya saja untuk ini Anda perlu melihat dan menyesuaikan minat bayi Anda..

      Kalaupun Anda membubuhi makanan bayi Anda dengan bumbu alami jangan sampai terlalu merubah rasa hingga bisa saja bayi Anda malah menolak makanannya..

      Saran kami, tidak harus memberikan suplemen yang macam-macam. Dengan ASI (sufor) dan makanan bergizi sudah modal besar untuk mencetak anak sehat. Kalaupun Anda ingin memberikan vitamin selalulah konsultasikan dengan DSA Anda.. ;-)

  15. rika November 16, 2010 at 8:39 am #

    anak sy umur 1 thn, sejak umur 7 bln makanannya selalu sy beri wortel, kadang2 air kcang hijau, byam jg sering.. bgm tips bayi? dan tanda2 bayi kelebihan nitrat itu seperti apa? thx

    • tipsbayi December 16, 2010 at 2:23 am #

      @ rika,

      Menu yang Anda berikan pada bayi Anda sudah sangat bagus.. ;-)

      Belum ada laporan yang jelas mengenai efek racun dari nitrat. Selama ini yang diketahui efek racunnya adalah konversi dari nitrit. Efek racun yang akut dari nitrit adalah methemoglobinemia, dimana lebih dari 10% hemoglobin diubah menjadi methemoglobin.Bila konversi ini melebihi 70% maka akan sangat fatal.

      Nitrit juga dapat mengakibatkan penurunan tekanan darah karena efek vasodilatasinya.Gejala klinis yang timbul dapat berupa nausea, vomitus, nyeri abdomen, nyeri kepala, pusing, penurunan tekananan darah dan takikardi, selain itu sianosis dapat muncul dalam jangka waktu beberapa menit sampai 45 menit. Pada kasus yang ringan, sianosis hanya tampak disekitar bibir dan membran mukosa. Adanya sianosis sangat tergantung dari jumlah total hemoglobin dalam darah, saturasi oksigen, pigmentasi kulit dan pencahayaan saat pemeriksaan. Bila mengalami keracunan yang berat, korban dapat tidak sadar seperti stupor, koma atau kejang sebagai akibat hipoksia berat. Prognosis sangat tergantung dari terapi yang diberikan.

      Mula-mula timbul gangguan gastrointestinal dan sianosis tanpa sebab akan sering dijumpai. Pada kasus yang berat, koma dan kematian dapat terjadi dalam satu jam pertama akibat timbulnya hipoksia dan kegagalan sirkulasi. Akibatnya, terjadi iskemia terutama organ-organ yang vital. Efek vasodilatasi ini tidak dapat di blok oleh atropin atau obat-obatan lain. Tubuh seharusnya mengkompensasinya dengan takikardi tetapi karena pada korban dapat terjadi vasovagal reflex yang mengakibatkan bradikardi. Pada sistem pernafasan mulai tampak takipneu dan hiperventilasi disertai dengan sianosis. Apabila dibiarkan maka akan timbul koma dan kejang sebagai akibat anoksia serebri.

  16. jeani September 1, 2010 at 7:05 am #

    ok lah kalau begitu… :)
    makasih banyak tuk info nya tips…
    ditunggu info bermanfaat lainnya… jadi bikin ibu2 Indonesia tambah cerdas :D

  17. tipsbayi September 1, 2010 at 6:07 am #

    @ jeani,

    Kandungan negatif pada bayam tidak perlu menjadi kekhawatiran bagi Anda untuk mengkonsumsinya, mengingat begitu banyak kandungan nutrisi tinggi yang ada pada bayam. Bukankah bayam disebut king of vegetables karena banyaknya nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh? Sangat sayang bukan jika kita harus kehilangan kesempatan menyerap banyak nutrisi karena takut mengkonsumsi bayam?

    Mengolah bayam dengan tepat, itu solusinya. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengolah bayam ini:

    * Pilih bayam yang segar kemudian segera dimasak dan disantap.
    * Jangan terlalu lama menyimpan bayam. Ingat tidak boleh lebih dari 5 jam, karena oksidasi zat besi dan nitrat terus berlangsung.
    * Jangan menghangatkan bayam.
    * Hindari memasak bayam dengan menggunakan panci aluminium. Zat besinya akan bereaksi dengan aluminium dan menjadi racun.
    * Sebaiknya menggunakan sayuran organic karena kandungan nitratnya akan lebih rendah.
    * Jangan khawatir untuk memberikan bayam pada MPASI buah hati anda. Karena bayi 6 bulan ke atas asam lambungnya sudah siap melawan racun racun dalam tubuhnya.

    Jadi .. jangan takut mengkonsumsi bayam yaa.. Ingat, apapun sayurannya, pasti ada kemungkinan menyebabkan racun dalam tubuh (Nitrat ada di hampir semua sayuran), yang penting, kita tahu bagaimana mengolah makanan dengan benar dan tepat.

  18. jeani September 1, 2010 at 5:06 am #

    dear tips bayi…
    artikel yang disarankan sangat membantu tapi pertanyaan saya soal bayam kok ga ada jawabannya ya? :D

  19. tipsbayi September 1, 2010 at 4:21 am #

    @ jeani,

    Silahkan baca: http://www.tipsbayi.com/index.php/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri

  20. jeani August 30, 2010 at 4:43 am #

    dear tips bayi,
    katanya bayam tidak boleh dikonsumsi bila lebih dari 4 jam setelah dimasak.
    saya selalu membuat masakan untuk bayi saya pake bayam langsung utnuk 2 kali makan yaitu pagi n sore hari. untuk sore saya masukin dalalm kulkas n sorenya dipanasi lg diatas kompor. tolong dikasih tips nya cara memasak bayam yg baik dan cara menyimpannya hingga sore, agar tetap bergizi tuk bayi saya. thanx

  21. tipsbayi July 21, 2010 at 8:04 am #

    Fatimah:

    Gasol boleh Anda berikan pada bayi Anda..

    Pada pemberian makannya, karena masih dalam masa adaptasi maka sebaiknya Anda berikan jangan terlalu banyak macamnya, cukup satu macam agar mudah melihat reaksi dari makanan tersebut.

    Perhatikan reaksinya setelah pemberian MPASI. Jika tidak ada gangguan pencernaan atau tanda-tanda alergi, maka menunya bisa Anda teruskan dengan macam yang lainnya.. :-)

    Untuk MPASI-nya Anda bisa memberikan
    - bubur susu, susunya bagusnya ASI
    - Sereal yang dicampur dengan ASI/sufor
    - Pure pisang
    - Pure kentang
    - Pure apel
    - Pure wortel
    *untuk pure bagusnya dicampur dengan ASI agar BB bayi Anda stabil
    Apabila Anda ingin mengetahui fariasi menu makanan bayi untuk bayi usia 6 bulan. Silahkan kunjungi:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/category/makanan-bayi

    Semoga membantu.. ;-)

  22. tipsbayi July 21, 2010 at 7:52 am #

    febe:

    Alergi pada anak memang bukan suatu penyakit. Alergi adalah reaksi hipersensitivas tubuh terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing atau berbahaya. Reaksi alergi biasanya muncul bila anak memiliki kecenderungan bawaan (genetik)..

    Saran kami untuk sementara hidari saja dulu perkiraan pencetus alerginya. Bisa saja alergi ayam, telur, ikan dan makanan turunannya..

    Anda jangan khawatir, kebanyakan bayi yang mengalami alergi makanan, hanya alergi ketika bayi saja. Seiring dengan bertambahnya usia, ternyata alergi terhadap makanan tersebut bisa hilang..

    Anda harus sabar. Berikan saja MPASI dari bahan lain yang kandungan gizinya sama bahkan ada yang lebih baik.. ;-)

  23. tipsbayi July 21, 2010 at 7:30 am #

    eka:

    Usia 11 bulan makan nasi dengan sayur.. Boleh saja.. Asal buatkan nasinya sedikit lembek agar bayi Anda lebih terbantu, karena bayi Anda belum tumbuh giginya..

    Bayi Anda tidak bosan ya..? Bagus juga bayam dan wortel apabila bayi Anda tidak mau yang lain.. Sebenarnya Anda bisa mensiasatinya dengan cara memberikan menu dalam bentuk makanan camilan di lain waktu sebagai alternatifnya.. Misalnya skutel, pastel isi cincang, omelet dll..

    Teether hanya sebagai pelampiasan atau latihan bila bayi akan tumbuh gigi. Yang biasanya bayi akan gatal dan ingin menggigit sesuatu. Apabila belum akan tumbuh gigi maka rangsangan atau keinginan untuk menggigitpun belum terlalu sering.

    Anda jangan khawatir, perkembangan setiap bayi bersifat individual. Termasuk pertumbuhan gigi. Apabila sudah waktunya akan tumbuh juga..

    Apabila pada usia 14 bulan belum ada tanda tumbuh gigi barulah Anda konsultasi dengan dokter ahli gigi.. ;-)

  24. Fatimah July 16, 2010 at 2:31 pm #

    anak saya 5,5 bln, bentar lg MPASI…saya udh bli gasol..bolehkah gasol jagung diberikan ke bayi 6 bln?

  25. febe May 25, 2010 at 2:52 am #

    Dear Tips,
    anak saya 7 bulan lbh 1mgg, mulai maem bubur tepung beras ( gasol ) sejak 6 bulan. Mgg kmrn (umur 7 bulan), sy kasi bubur saring yg dimasak dg kaldu dr ceker ayam kampung, dg sayur wortel, kentang dan bayam/brokoli.
    kmd muncul bintik2 merah kyk jerawat kecil2 yg bergerombol di punggung & pergelangan tangan anak saya. anak sy mmg alergi susu sapi & udah cocok pake sufor soya. sy curiga sm makanan barunya yg bikin bintik2 itu : kaldu ayam, wortel, bayam / brokoli, krn mknn laen udah pernah dimaem sebelumnya & ga menyebabkan alergi.
    apakah kaldu ayam, wortel, bayam/brokoli itu mmg bisa bikin alergi sih ?
    trus anak saya ini dikasi maem apa ya Tips? anaknya doyan maem lho, kasian kalo ga bisa dikasi ini itu gara2 alergi…
    Pls help ya Tips.

  26. eka May 7, 2010 at 12:40 pm #

    tips saya tanya
    bayi aq usia 11 bulan,setiap hari dia maunya makan nasi n sayur bayam+wortel.sudah aq coba buat sup n sayuran lain g mau makan….dia belum tumbuh gigi tapi maunya makan nasi,saya buatkan bubur jarang mau makan…apa boleh belum tumbuh gigi 1 pun makan nasi n sayurnya bayam terus?bagaimana giginya biar cepat tumbuh karena g mau gigit teethernya?
    terima kasih

  27. tipsbayi April 21, 2010 at 3:32 am #

    Mutia:

    Wajar apabila setelah bayi Anda mendapatkan MPASI, frekuensi BAB bayi Anda bertambah. Prinsip sederhananya “pengeluaran bagaimana pemasukan”

    Seiring dengan bertambahnya usia maka pola BAB bayi Anda akan berubah..

    Sebenarnya Anda sudah bisa mulai mengenalkan sayuran tersebut. Anda bisa mencoba satu demi satu macam sayuran tersebut agar rasanya tidak terlalu asing untuk bayi Anda berikan campuran ASI dan lihatlah reaksinya.. ;-)

  28. Mutia April 20, 2010 at 4:28 am #

    Dear Tipsbayi,

    bayi saya 6,5 bln, kapan sebaiknya bs mulai memberikan sayuran (bayam, wortel, brokoli, jagung) pada bayi, krn seminggu sjk saya perkenalkan MPASi pd bayi saya (beras merah+pisang) saya coba berikan variasi sayuran (Beras merah+ bayam+wortel / beras merah+ jagung), bayi saya BAB sampai 6x shari.

    trimakasih
    mutia

  29. tipsbayi March 28, 2010 at 2:07 am #

    sandra:

    Meskipun lebih aman akan tetapi untuk bayam lebih baik Anda sajikan fresh.. ;-)
    Bagaimana pengolahan dan penyimpanan makanan untuk bayi Anda? Anda bisa baca artikel berikut:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri

  30. tipsbayi March 28, 2010 at 1:57 am #

    Yustin:

    Pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat.

    Untuk memastikan apakah bayi Anda masih dalam kategori normal, kurang atau berlebih, Anda dapat mengecek atau membandingkannya melalui kurva Lubchenko yang terdapat pada buku pantau tumbuh-kembang bayi atau KMS (Kartu Menuju Sehat) dari Puskesmas atau Rumah Sakit. Nah, berdasarkan kurva tersebut, parameter untuk mengetahui pertumbuhan bayi tidak hanya dilihat dari pertambahan BB, tapi juga tinggi badan dan ukuran lingkar kepala..

    Agar berat badan bayi Anda tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.

    Untuk pemberian susu, ASI pasti yang terbaik.. ;-)

    Contoh jadwal makan:

    Pukul 06.00 (bangun tidur)
    ASI/PASI

    Pukul 08.00 (makan pagi)
    nasi tim

    Pkl. 10.00
    Buah segar/ biskuit

    Pkl. 12.00 (makan siang)
    nasi tim

    Pkl. 14.00 (sebelum tidur siang)
    ASI/PASI

    Pkl. 16.00
    Buah segar/ biskuit

    Pkl. 18.00 (makan malam)
    nasi tim

    Pkl. 21.00
    ASI/PASI

    Tambahan susu/ ASI bagaimana permintaan..
    Selamat mencoba :)

  31. westy agrawanty March 25, 2010 at 2:46 am #

    halo tips,
    Makash infonya ya.. Anakku skrg 5.5bln, jd aku sdh ngumpulin resep u/mpasix nti.
    Ditunggu info terbarux ya..

  32. sandra March 24, 2010 at 4:38 pm #

    hai…
    hari ini saya masak pure bayam terlalu banyak, akhirnya sebagian disimpan di kulkas. pure tersebut disimpan dalam wadah tertutup dan dibekukan.
    Apakah dengan dibekukan lebih aman?

    terima kasih

  33. tipsbayi March 11, 2010 at 2:12 am #

    iema:

    Untuk sayuran Anda bisa memberikan sayuran 5 warna biru/ungu, hijau, putih/kecoklatan, kuning, merah..

    Berapa banyak dalam sehari? Bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan 5 porsi kecil (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah.. ;-)

  34. iema March 8, 2010 at 7:26 am #

    hallo..anak saya umur 7bln,sayuran apa az yg bs di campur dgn bubur?selama ini cuma wortel,bayam & brokoli..makasih ya sebelumnya..

  35. Yustin February 21, 2010 at 2:56 pm #

    Hallo tips :
    anakku tia (11 bulan) lagi sakit panas trus diare, jadi ku periksa (bbnya dari 7,1 jadi 6,8kg) ke Dsa yang bikin kaget waktu dia periksa katanya anakku sudah mendekati gizi buruk padahal makanannya ak kira sudah lengkap seperti labu kuning, kentang, wortel, bayam, hati ayam, daging ayam dan ikan kakap jadwalnya jam 7 pagi susu, jam 10 makan nasi tim, jam 10.30 minum susu, jam 2 makan nasi tim, jam 3 makan biskuit jam 5 makan nasi tim jam 7.30 minum susu, apa sudah benar jadwalnya? Tia memang agak kurusan karna saya kira itu faktor turunan karna papanya agak kurus, tolong solusinya apa perlu susunya di ganti sekarang tia minum sgm2, kira2 susu merk apa yang bisa bikin gemuk?

  36. tipsbayi February 13, 2010 at 7:45 am #

    dwi wahyuni:

    Sama-sama, mudah-mudahan semua informasi yang kami suguhkan bisa bermanfaat untuk Anda dan keluarga.. Insya Allah kami berniat untuk berbagi tips-tips baru lainnya dengan Anda.. tunggu saja ya.. ;-)

  37. tipsbayi February 13, 2010 at 7:34 am #

    lina:

    Sayuran yang diberikan pada bayi yang sudah cukup usia untuk mendapatkan MPASI, Insya Allah tidak akan mengakibatkan peningkatan nitrat pada tubuhnya. Karena sistem pencernaannya sudah mulai sempurna. Yang rentan adalah pada bayi berumur kurang 3 bulan, yang masih memiliki usus dengan tingkat keasaman yang rendah. Kondisi ini dapat menyebabkan proses peningkatan Nitrat menjadi lebih cepat pada dan mengarah pada Hipoksemia. Bahkan peningkatan Nitrat yang dratis pada bayi bisa menyebabkan Methemoglobinemia.

    Apalagi usia bayi yang mendapatkan sup dan nasi, berarti usianya sudah diatas 1 tahun.. Insya Allah aman dan sehat.. ;-)

  38. lina February 12, 2010 at 5:07 am #

    hello tips

    saya pernah baca artikel jika air rebusan sayuran dgn kandungan nitrat tinggi seperti wortel, bayam, brokoli dll tidak boleh digunakan lagi (misal utk kuah makanan bayi yg diblender dll). lalu bagaimana dengan soup untuk bayi, yang didalamnya terdapat beberapa sayuran kadar nitrat tinggi?air rebusan menyatu dengan sayuran yg lain (misal sup dengan sayur: wortel, brokoli plus daging giling atau sayur bening bayam dan wortel).adakah batasan usia dimana bayi boleh diberikan sup?

    Thanks sebelumnya

  39. dwi wahyuni February 6, 2010 at 2:26 pm #

    senang sekali bisa nemu web ini, saya jadi tau apa yang tadinya saya ga tau. thanks ya tips. btw, mpasi memang mulai dari 6bulan. keliru besar jika mpasi diberikan umur 1bln, seperti yang orangtua kita lakukan dulu. meskipun kadang mitos or sugesti itu benar adanya. buat tips. mau dong saya di email ttg tips2 laen yg berkenaan dengan anak2. tengkyuu

  40. tipsbayi February 3, 2010 at 4:01 am #

    Astried:

    Kami sependapat dengan Anda.. Wortel boleh diberikan pada bayi 6>. Dengan catatan, sayuran yang Anda berikan sayuran organik.. Karena pemberian sayuran organik dapat mengurangi resiko Hipoksemia.. ;-)

    Tuti:

    Bagus dan boleh saja.. Akan tetapi kalau lebih bagus lagi apabila wortelnya Anda fariasikan dengan sayuran yang lain. Karena untuk sayuran Anda bisa memberikan sayuran 5 warna biru/ungu, hijau, putih/kecoklatan, kuning, merah..

    Berapa banyak dalam sehari? Bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan 5 porsi kecil (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah.. ;-)

  41. Tuti February 2, 2010 at 5:08 am #

    tips….sikecil dah 8 bulan.bagus tidak ya kl sikecil tiap makan tim bubur saring selalu pake wortwl, dan bayam paling seminggu 3 kali. Tq

  42. tipsbayi February 2, 2010 at 4:50 am #

    nia kurnia:

    Penggunaan gurita pada bayi merupakan tradisi yang diturunkan dari nenek moyang kita sejak dulu. Gurita diyakini bermanfaat untuk mengecilkan perut dan mencegah pusar menjadi bodong. Hal ini ternyata hanyalah mitos belaka. Karena ketika baru lahir perut bayi memang terlihat lebih besar akan tetapi perut ini semakin lama akan semakin mengecil dengan sendirinya. Begitu pula dengan pusar yang bodong, lebih disebabkan oleh panjang puntung tali pusatnya yang memang besar dan panjang, dan bukan akibat tidak dipakaikan gurita. Untuk tali pusat yang belum puput, kain kassa saja sebenarnya sudah cukup membantu, tidak perlu sampai harus menggunakan gurita. Bukan mendapatkan untung, penggunaan gurita justru dapat menyebabkan antara lain:

    1. keluhan kulit seperti gatal karena keringat yang terkumpul dan tidak dapat keluar karena terhalang oleh gurita

    2. bayi menjadi sulit bernapas, terutama apabila tali gurita diikatkan terlalu kencang. Hal ini disebabkan oleh karena bayi memiliki pernapasan perut yang lebih dominan daripada pernapasan dada

    3. pemakaian gurita yang telalu kencang juga dapat menyebabkan aliran balik makanan yang telah masuk ke dalam lambung yang pada akhirnya dapat menyebabkan bayi menjadi muntah berulang

    Dengan demikian penggunaan gurita pada bayi sebenarnya tidak memiliki manfaat yang jelas, sehingga penggunaannya lebih baik dihindari sejak awal.

    Untuk puputnya tali pusar masanya tidak tetap dan tidak sama.. Sebenarnya terkena air tidak masalah, asal tidak kena air kencing atau kotoran. Meskipun lebih baik kering.. ;-)

  43. tipsbayi February 2, 2010 at 4:35 am #

    Anonymous/ mitha:

    Untuk pola BAB, prinsip sederhananya “pengeluaran bagaimana pemasukan..” ;-)

    Jadi apabila bayi Anda makannya banyak, wajar saja BAB-nya sering, asal tidak mencret berlendir, tidak rewel dan masih mau menyusudan makan, berarti sehat-sehat saja..

    Jadwal makannya sudah bagus.. Kalau bayi Anda cocok dengan jadwal seperti itu, Anda bisa lanjutkan..

    Anda bisa lebih memfariasikan pemberian buah. Anda bisa memberikan buah-buahan yang rasanya manis, tekstur seratnya lembut dan tidak berbau menyengat. Seperti: Jeruk baby / jeruk medan, mangga manis, pisang, melon, alpukat, pepaya, pear, apel, dll.

  44. Astried February 1, 2010 at 4:26 am #

    Thanks alot infonya…

    Naaah.. sepertinya info ini lebih benar…
    Sayuran seperti wortel, dsb boleh diberikan >6bulan..
    dan tidak boleh diberikan pada byi 8bln..

    Hmm.. mana yng benar yaa? boleh diberikan >6bln atau >8bln?
    (kl sya preefer >6bln) =)

    Rgds..

  45. nia kurnia January 15, 2010 at 6:27 am #

    dear tipsbayi.com
    trima kasih atas imel yang di kirimkan sungguh semua menambah manfaat buat saya.Dan saya mau bertanya tentang pemakian gurita buat bayi,apa jaman sekarang masih diperboleh kan,tapi jika di pakaikan gurita gimana untuk menjaga tali pusar bayi yang belum puput.Sebenarnya berapa lama tali pusat bayi akan tanggal dan jika terkena air saat memandikan apa tak berbahaya,karena saya takut jika memandikan.
    Trima kasih Tipsbayi antas informasinya kau lah sahabat para ibu

  46. mitha January 11, 2010 at 11:03 am #

    salm tips bayi. anak saya 6 bulan 2 minggu babnya 3kali sehari
    pagi jam 6 : susu
    jam 8 pagi : bubur lembut
    jam 11 : buah
    jam 1 siang : bubur lembut
    jam 3 siang : susu
    jam 5 sore : bubur lembut
    yang saya mau tanyakan apa makanan yang saya beri kebanyakan???? tolong kiimkan jadwal makanan u anak saya dan menu makanan bayi umur 6 bulan… trims… tolong kirim ke email saya ya(paramitha_suarda@yahoo.com)

  47. Anonymous January 11, 2010 at 10:31 am #

    salam tips bayi, saya mau tanya anak saya umur 6 bulan 2 minggu. waktu dikasih mp asi babnya 3 kali sehari sebelum dikasih mp asi babnya 1 kali sehari…
    jadwal makan :
    jam 6 pagi :susu
    jam 8 bubur lembut
    jam 11 buah segar (pepaya dan pisang) belum diganti buah yang laen
    jam 1 siang bubur lembut
    jam 3 susu
    jam 5 bubur lembut
    (bubur yang dimakan (bubur tepung beras, bubur kentang susu, bubur sayur dan bubur buah, belum diberi bubur yang lain)
    apakah anak saya terlalu banyak makan.. smpe2 babnya 3 kali sehari sampe skrang….( tolong kasih jadwal makanan bayi untuk anak saya dan menunya).. trims tolong kirim ke email saya ya….. paramitha_suarda@yahoo.com

  48. tipsbayi January 4, 2010 at 3:14 am #

    syahrizal:

    Untuk bayi usia 8 bulan seharusnya sudah Anda berikan bubur atau tim saring, dan untuk bayi usia 9 bulan sudah beranjak ke nasi tim. Rubahlah kekerasan atau tekstur makanan bayi Anda secara bertahap.. ;-)

  49. tipsbayi January 4, 2010 at 3:06 am #

    fifi:

    Anjuran untuk memberikan MPASI (Makanan Pendamping ASI) adalah setelah bayi Anda melewati usia 6 bulan. Bahkan menurut DSA, sebenarnya gizi bayi akan tercukupi dengan ASI hingga ia berusia 9 bulan.

    Namun memang sebagian bayi pada usia 5-6 bulan bahkan 4 bulan ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

    1. Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
    2. Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
    3. Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
    4. Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
    5. Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

    Jika setiap kali Anda mencoba menyuapkan makanan kepada si kecil dan lidahnya terus mendorong makanan tersebut keluar, berarti dia belum siap diberi MPASI. Kalau begitu, jangan dipaksa… ;-)

  50. syahrizal December 29, 2009 at 2:25 pm #

    anak saya 8 bln,dan masih makan makanan yang disaring dgn kawat.Kpn anak saya bisa makan tanpa makanannya disaring kawat lagi?Thanks

  51. fifi December 29, 2009 at 9:48 am #

    Bayi saya sudah 4 bln sekarang ,setelah saya masuk kerja lagi dia msh berumur 3 bln dan selama saya kerja pemberian ASI nya sudah saya campur dengan susu formula karena ASI yang saya pompa kurang mencukupi.Yang saya mau tanya kan apakah di umur 4 bln anak saya sudah diperbolehkan di kasih tambahan makanan seperti pisang atau farle campur susu formula….karena banyak masukan dari mertua dan adik ipar sudah diperbolehan,saya jd binggung…tolong infomasinya yah,Thks u

  52. tipsbayi December 22, 2009 at 3:41 am #

    fitri:

    Jus wortel untuk bayi usia 9 bulan bagus.. Hanya untuk jus wortel sebaiknya wortelnya dikukus dulu sebelum dijus. Anda juga bisa memvariasikan dengan memberikan buah-buahan. Diberikannya bisa dibuat puree atau dijus..

    Karena usia bayi Anda sekarang sudah 9 bulan seharusnya Anda sudah mulai memberikan tim. Maka sebaiknya Anda mulai merubah tekstur makanannya yaitu jangan lagi di blender. Anda bisa coba berikan bubur tanpa diblender sambil bertahap dirubah teksturnya menuju tim.

    Karena tekstur makanan bayi Anda biasa lembut maka bayi Anda tidak terlatih untuk mengunyah. Untuk melatihnya Anda bisa membiasakan memberikan biskuit untuk dipegang dan memberikan kebebasan bayi Anda untuk belajar mengunyah.. ;-)

  53. tipsbayi December 22, 2009 at 3:18 am #

    mama kayyasah:

    Wortel atau sayuran lain tetap bisa jadi andalan Anda asal Anda menyajikan dan memberikannya dengan tepat.. ;-)

    Bahkan untuk kesehatan yang optimal, dianjurkan agar bayi Anda yang berusia 6 bulan sampai 1 tahun untuk mengkonsumsi sayuran dan buah dengan beragam warna sebanyak 5 porsi kecil atau lebih ((2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah.., ini bagian penting dalam pola hidup sehat.. :-)

  54. fitri December 18, 2009 at 1:18 am #

    Halo,,anakku umurnya 9 bln.dr umur 6 bln sgt suka jus wortel,bgmn dgn kandungan nitrat dlm wortel tsb?
    Oya,maaf sdikit kluar dr topik,sampai kpn makanan anak blh di blender?,masalhnya bayiku tidak ada keinginan mengunyah.
    Mhn penjelasannya ya tips bayi..makasih bgt,sgt mbantu skl

    Love

  55. mama kayyasah December 17, 2009 at 3:26 am #

    wah saya baru tahu kalo sayuran juga bisa berbahaya.
    bayi saya 9 bulan apa sudah aman mengkonsumsi sayur2an tersebut.
    soalnya wortel jadi sayuran andalan saya selama ini.
    makasih tipsnya

  56. tipsbayi December 16, 2009 at 3:17 am #

    M. Hasnan:

    Sama-sama.. ;-)

  57. tipsbayi December 16, 2009 at 3:16 am #

    Rasida Nurmala Sari:

    Berikan tomat yang matang dan segar yang rasanya tidak kecut.. :-)
    Bagusnya tomat buah meskipun tomat sambal ada juga yang besar..

    Benar bu tomatnya bisa diperas disaringan..

  58. M. Hasnan December 15, 2009 at 6:05 am #

    Terima kasih tips bayi kami sekeluarga sangat senang dengan adanya tips bayi ini krna kami tidak terlalu capek untuk mengurus bayi dan juga bayi tidak mudah rewel sesuai petunjuk termasuk makanan yang diberikan tidak terlalu banyak pilih-pilih makanan bayi yang dikonsumsi yang tidak di butuhkan bayi. sekali lagi terima kasih tips bayi.

  59. Rasida Nurmala Sari December 3, 2009 at 3:25 am #

    Ibu/Mba: Tomatnya ap aj?
    Klo tomatnya,diperas disaringan blh ga?

  60. tipsbayi December 1, 2009 at 4:23 am #

    Trias:

    Hindari menyimpan bayam terlalu lama di dalam lemari es. Sebaiknya pilihlah bayam yang baru dipetik dan langsung dimasak. Karena bayam segar yang baru dicabut dari persemaiannya telah mengandung senyawa nitrit kira-kira sebanyak 5 mg/kg. Bila bayam disimpan di lemari es selama 1 hari saja, diperkirakan senyawa nitrit akan meningkat 21 mg/kg (7%). Oleh sebab itu jangan menyimpan bayam dalam kulkas terlalu lama.. ;-)

    Pada daun sayuran pada umumnya perubahan WARNA pada daun atau batangnya yang berubah dari warna asalnya berarti ada indikasi rusak (terjepit, layu, busuk dll), sebaiknya dihindari mengkonsumsi sayuran rusak..

  61. Trias November 30, 2009 at 5:59 am #

    Berapa lama menyimpan bayam dlm almari es? klo bayam merah sebagian daunnya ada sedikit warna hijau apa itu sdh layu?

  62. tipsbayi November 18, 2009 at 3:37 am #

    gilang:

    Anda bisa mengolahnya dengan berbagai cara, salah satunya “Bubur Saring Bit”

    Bahan :
    * 400 ml kaldu ikan
    * 50 gram kentang, kupas, potong dadu
    * 50 gram bit, kupas, potong dadu
    * 50 gram tahu putih
    * 2 hati ayam, cincang halus
    * ASI/ sufor sesuai selera bayi Anda
    Cara membuat :
    1. Rebus kentang hingga lunak.
    2. Masukkan bit, tahu, dan hati ayam. Masak selama 10 menit. Angkat dan dinginkan. Campurka ASI/ sufor
    3. Masukkan ke dalam blender

  63. gilang November 16, 2009 at 10:52 am #

    terimakasih info nya.jd tau.tp nanya yah kalo bit bagaimana pengolahan untuk jadi mpasi bayi 6 bulan.terimakasih

  64. tipsbayi October 31, 2009 at 3:44 am #

    Trias :

    Apabila hanya menunggu sampai disajikan sore hari, makanan rasa bayam bayi Anda cukup disimpan dalam lemari es dan ketika akan disajikan untuk menghangatkannya letakkan makanan bayi Anda di dalam mangkok kecil dan letakkan mangkok tersebut di dalam mangkok lebih besar yang berisi air panas. Atau dialihkan pada suhu ruang beberapa saat sebelum disajikan.. :-)

  65. Trias October 30, 2009 at 10:55 am #

    Tips, saya membuat bubur saring untuk 2x makan yaitu untuk siang dan sore, apabila saya mencampur bayam dalam buburnya, dan yang 1 porsi untuk makan sore apa boleh diangetin di Magic Jar? atau ada cara lain? thanks ya

  66. tipsbayi October 29, 2009 at 3:20 am #

    alek :

    Anda sudah masuk ke dalam database baru kami kok, kami telah masukan secara manual untuk registrasi ulang dan sudah berhasil :-)

    Anda tunggu saja tips-tips selanjutnya, semoga tips-tips kami bisa terus bermanfaat…

  67. alek October 28, 2009 at 11:23 am #

    mungkin tempatnya tidak tepat,tapi sekarang kok tidak ada lagi tips2 bayi yang masuk ke email saya??Padahal saya juga bisa dibilang aktif memberikan komentar di tips2 yang diberikan..Mohon pencerahannya..

    Thanks

  68. eka October 23, 2009 at 3:27 am #

    wah tyt bahaya ya??!
    tany donk, sayuran yang aman buat bayi 6 bulan apa y?

  69. tipsbayi October 13, 2009 at 3:55 am #

    alek :

    Untuk P3K bayi atau anak keracunan secara umum..

    Usahakan agar anak memuntahkan zat yang mengandung racun (kecuali zat korosif), tapi jangan paksa tenggorokannya. Coba dengan memberikannya segelas air garam (untuk anak) atau air putih (untuk bayi). Kalau ia memakan zat korosif, beri anak minum susu dingin untuk bayi susui terus ASI dan segera bawa ke rumah sakit.

    Jangan beri makan apa pun jika anak mengalami kejang atau mengeluarkan buih ketika keracunan.

  70. Bunda Zheya October 10, 2009 at 5:08 pm #

    Hai tips,salam kenal ya.saya dan suami senang membaca artikel-artikelmu,bermanfaat bagi anak kami.benarkah jika sayuran yang dipanasin ulang menyebabkan zat gizi yang terkandung didalamnya dapat berkurang?sebenarnya sayuran daya simpannya berapa lama sebelum dan setelah dimasak jika disimpan di lemari es dan di tempat sejuk(misal:pasar)?makasih ya sebelumnya..

  71. alek October 9, 2009 at 3:13 am #

    bagus banget info nya..Tapi perlu juga di kirimkan apa solusi nya utk sementara jika bayi kita sdh keracunan nitrat (P3K nya..)

    Thanks

  72. tipsbayi October 2, 2009 at 3:41 am #

    yuli :

    Memang terdapat beberapa jenis sayur mayur yang sejak awalnya kaya akan kandungan nitrat. Daun salad-saladan, daun bayam, radischen, kol putih adalah beberapa di antaranya. Nitrat yang terdapat dalam sayur mayur di kondisi asal sebenarnya tidak membahayakan.

    Sedangkan pada buah dan biji-bijian kandungan nitrat tidak sampai membahayakan..

    Nitrat berubah menjadi zat berbahaya saat terjadi perubahan nitrat menjadi nitrit. Pada proses pendinginan perlahan yang dilanjutkan dengan penghangatan/pemanasan..

    Beberapa hal yang perlu diingat: jangan panaskan kembali sayuran kaya nitrat (seperti bayam) dan pilih sayur mayur yang sedang berlimpah (sedang dalam musimnya). Selain itu, daun-daun salat ataupun daun kol hendaknya dibuang terlebih dahulu bagian terluarnya!

  73. tipsbayi October 2, 2009 at 2:58 am #

    Hasan :

    Untuk mengatasi anak yang susah makan,

    * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan anak Anda.

    * Selain memberikan jadwal waktu makan bagianak Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Anda.

    * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

    * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda.. :-)

    * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya ..

    * Anda juga bisa mencoba untuk memberikan kesempatan pada anak Anda untuk melatih makan dan minum sendiri dengan bimbingan Anda, berantakan tidak apa-apa.. :-)

  74. misno susanto October 1, 2009 at 3:33 am #

    assalamualaikum, ini saya mau tanya kepada tipsbayi cara memilih susu yang bagus untuk si buah hati yg berumur 0-1tahun, cara dan kiat-kiatnya giamna ya.terima kasih

  75. yuli September 29, 2009 at 3:18 am #

    Terimakasih atas infonya, tapi anak saya yg pertama umur 6 tahun tidak suka sayuran, hanya kuah dari sayur tersebut saja yg dia suka, tapi yg namanya buah sangat suka, kalau kandungan nitrat pada buah apa saja yg berisiko?

  76. Hasan September 28, 2009 at 2:52 am #

    Terima kasih atas infonya, anak sy berumur 1,5 tahun sedang susah makan mohon saran untuk mengatasi masalah susah makannya.

  77. ibnu September 28, 2009 at 2:04 am #

    thanks yach…,
    So, i know now…

  78. erwinsyah September 27, 2009 at 7:52 am #

    Thank’s for u information ,this very important for me and my baby!!!!!!

  79. erwinsyah September 27, 2009 at 7:40 am #

    sy jd bnyak tau tentang info merawat bayi.

  80. muhammad September 27, 2009 at 7:04 am #

    thanks atas infonya.berguna babget buat kami sebagai orangtua baru.

  81. alif September 27, 2009 at 4:53 am #

    info yg bagus nih buat semua orang tua…

  82. adi September 25, 2009 at 8:25 am #

    kini saya jadi tahu…

  83. hanita September 24, 2009 at 7:42 am #

    makasih bt infonya.emg skrg serba gk aman ya?tp info ini sangat membantu.

  84. tipsbayi September 24, 2009 at 3:31 am #

    anies :

    Terima kasih atas imformasinya.. :-)

  85. uwis September 24, 2009 at 2:10 am #

    makasih ya buat infonya

    saya jadi banyak tahu dan banyak belajar melalui artikel-artikel yang telah anda kirim.

  86. anies September 23, 2009 at 4:36 pm #

    uji kadar nitrat di air tanah bisa dilakukan di kantor saya. balai besar bahan dan barang teknik jl. sangkuriang no. 14 bandung, lab. lingkungan. sampel bisa dikirim dan hasil analisis kimia bisa diperoleh stlh melunasi pembayaran.

  87. tamie September 19, 2009 at 2:45 pm #

    Sangat Edukative dalam input sbg informasi yg baik utk perkembangan anaq saya.

  88. Rudy Mexsinov September 19, 2009 at 5:03 am #

    Thank,s for u information this important for my baby…

  89. tipsbayi September 18, 2009 at 3:49 am #

    chandra kusuma :

    Untuk pemeriksaan kadar nitrat pada makanan harus pada laboratorium khusus, tetapi untuk mengurangi resiko maka sebaiknya kita Jangan memberikan sayuran pada bayi yang belum berusia 3 bulan. Maka MPASI baru dianjurkan setelah bayi Anda berusia 6 bulan..

    Dan setelah bayi Anda berusia 6 bulan, maka akan lebih aman apabila Anda memberikan sayuran organik..

    Sedangkan untuk jenis makanan olahan pabrik biasanya Anda bisa melihat kandungan makanan pada kemasannya, untuk minumanpun demikian..

  90. ari September 17, 2009 at 9:34 am #

    Terima kasih banyak buat tim Tips Bayi.com saya jadi banyak tahu dan banyak belajar melalui artikel-artikel yang telah anda kirim.

  91. chandra kusuma September 17, 2009 at 9:27 am #

    bagaimana memeriksa kadar Nitrat pada setiap makanan/minuman yang akan kita berikan kepada anak kita?

  92. hani September 17, 2009 at 8:24 am #

    thanx,,,,,,banget atas infonya….my baby dah 6 bulan 7 ari

  93. Lisbeth September 17, 2009 at 5:50 am #

    mksh ya buat infonya
    jd tmbh wawasan dech,,,

  94. nana September 17, 2009 at 4:15 am #

    anakku sekarang sudah 1 tahun. aku sring membuatka dia sayuran bayam + ayam ato telur yang dicacah dalam kuah. berbahaya kah bila memberi anakku banyak2 bayam dan berbahayakah kadar Nitrat yang berlebihan untuk manusia ? susu formula anakku dicampur denga air yang berasal dari air ledeng, bagaimana cara mengetahui kadar nitratnya ? thanks atas jawabannya.

  95. anit September 17, 2009 at 4:08 am #

    terimakasih tips bayi,infonya sangat berguna bagi saya karna anak saya tdk ASI dan kami jg menggunakan sumber air dari tanah

  96. Arifian September 17, 2009 at 3:55 am #

    Tambahan informasi yang berguna bagi orang tua

Leave a Reply