Metode Belajar Membaca

Bingung mencari metode belajar membaca yang baik untuk anak Anda? Pernahkah Anda mendengar tentang metode Flash Card? Mari kita simak fakta berikut, semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang bingung mencari program belajar membaca yang terbaik untuk buah hati Anda…

Kapan Sebaiknya Anak Anda Belajar Membaca?

Permasalahan seputar waktu yang tepat untuk mengajarkan anak membaca pernah menjadi perbincangan yang hangat. Ketika itu, sebagian berpendapat bahwa mengajarkan anak membaca terlalu dini bisa berakibat buruk untuk perkembangannya karena dianggap akan membebani. Mereka yang beranggapan seperti ini menyarankan agar anak belajar membaca setelah mereka berusia 6-7 tahun.

Namun demikian, seiring dengan diadakannya berbagai penelitian dan studi ilmiah, ternyata si anak justru akan terbebani apabila mereka terlambat belajar membaca dan berbagai studi juga menunjukkan bahwa usia 6-7 tahun dapat digolongkan ke dalam kategori ‘terlambat’ tersebut.

Keuntungan Belajar Membaca Sejak Usia Dini

Bagaimana belajar membaca sebelum masuk Sekolah Dasar (SD) bisa mempengaruhi prestasi membaca anak di masa depannya? Dolores Durkin merupakan peneliti yang pertama kali mendalami masalah ini pada tahun 1958-1964 dan mengadakan berbagai studi untuk menelitinya. Apa kesimpulan yang dapat diambil dari studi selama 6 tahun ini?

  1. Anak yang bisa membaca sejak dini ternyata senantiasa bisa mengungguli kemampuan membaca anak yang terlambat, hingga ke tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).
  2. Kemampuan membaca sejak dini ternyata tidak berhubungan dengan IQ anak, namun sangat berhubungan dengan suasana rumah dan keluarganya. Anak-anak yang bisa membaca sejak dini ternyata muncul dari keluarga yang memiliki perhatian dan usaha ekstra dalam membantu mereka belajar membaca.
  3. Kemampuan membaca sejak dini juga tidak berhubungan dengan kondisi sosial-ekonomi. Anak-anak yang bisa membaca sejak dini ternyata memiliki orang tua yang mau menyempatkan waktu untuk kegiatan membaca bersama anaknya, walaupun latar belakang sosial-ekonomi mereka berbeda-beda.

Durkin juga mendapati bahwa anak-anak yang mulai belajar membaca sejak usia 3-4 tahun ternyata selalu mengungguli anak-anak lainnya yang mulai belajar membaca sejak usia 5-6 tahun. Mereka bahkan bisa terus unggul hingga rentang masa 8 tahun.

Teori Flash Card

Para ahli  mengatakan bahwa bayi sangatlah jenius terhadap bahasa. Sebagai contoh, coba kita lihat… bagi setiap bayi yang lahir di Indonesia, bahasa Indonesia merupakan bahasa asing – tidak bedanya dengan dengan bahasa Inggris atau Rusia.

Namun apa yang terjadi? Ternyata si bayi bisa mempelajari bahasanya! Bagaimana ia mempelajarinya? Anda bisa saja dengan bangganya mengatakan bahwa Anda yang yang telah mengajarinya, tapi kalau mau jujur, paling-paling Anda hanya mengajari ‘Mama’, ‘Papa’ dan sebagian kecil kata saja, ya kan? Lalu bagaimana dengan ribuan kosakata, berikut dengan cara pengucapannya yang benar yang diserap oleh si kecil – apakah Anda yang mengajarkannya secara khusus?

Para ahli menyimpulkan, bahwa anak-anak mempelajari bahasanya melalui konteks, bukan dengan cara diajarkan satu per satu dari daftar koleksi kata berikut dengan artinya (ini persisi seperti yang diajarkan pada umumnya di sekolah-sekolah ketika mengajarkan bahasa asing ataupun ketika mengajarkan anak membaca).

Oleh sebab itu, para ahli menganjurkan agar ketika mengajarkan anak membaca, kita hendaknya mengolah bahasa dalam bentuk tulisan sebagaimana kita mengolah bahasa dalam bentuk pembicaraan. Artinya, kita sebaiknya membuat proses belajar membaca untuk bayi sesederhana mungkin. Dengan begini, anak kecil bisa belajar membaca secara alami dan tanpa ia sadari – sebagaimana ia belajar berbicara dengan bahasa ibunya.

Untuk bisa memahami bahasa melalui telinga, diperlukan 3 persyaratan:

  1. Lantang
  2. Jelas
  3. Diulang-ulang

Dan tanpa disadari, seorang ibu biasanya berbicara kepada bayinya dengan 3 elemen ini; lantang, jelas dan diulang-ulang.

Alasan utama mengapa kebanyakan bayi tidak menyerap bahasanya melalui mata menuju ke otaknya sebagaimana bahasa tersebut diserap melalui telinga menuju otaknya, adalah karena ternyata untuk bisa membaca bahasa tersebut, diperlukan bahasa yang disajikan kepada penglihatannya dalam bentuk yang besar, jelas dan diulang-ulang. Dan inilah yang gagal diberikan oleh kebanyakan orang tua kepada bayinya – menyajikan kata-kata dalam bentuk besar, jelas dan diulang-ulang, sehingga anak-anak bisa belajar dengan sangat mudah.

 

Metode Belajar Membaca dengan Flash Card

Metode belajar membaca Flash Card didasari fakta bahwa anak kecil belajar melalui permainan. Apabila kegiatan belajar yang mereka jalani menyenangkan, maka mereka akan menikmatinya, sehingga dapat belajar jauh lebih cepat.

Untuk itu, para ahli  menganjurkan agar menggunakan flash card (kartu) untuk membantu si kecil belajar membaca. Prinsipnya adalah Anda menggunakan kartu-kartu yang berukuran besar yang bertuliskan kata-kata sederhana. Setiap kartu atau flash card tersebut memuat 1 kata yang ditulis dengan huruf kecil (bukan kapital) dengan ukuran besar dan warna yang jelas/mencolok.

 belajar membaca

Berikutnya, cari waktu yang lapang dan menyenangkan untuk Anda dan buah hati Anda. Duduklah bersama dan tunjukkan flash card tersebut kepadanya satu per satu sambil Anda bacakan dengan lantang dan jelas.

Tertarik untuk memilikinya? Silahkan kunjungi Flash Card untuk Bayi.

Bagaimana Cara Belajar Membaca Menggunakan Flash Card?

Ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui tentang penggunaan flash card:

  1. Flash card sebaiknya disusun dan dikelompokkan berdasarkan subyek yang sama
  2. Untuk flash card yang bergambar, gambarnya harus berukuran cukup besar dan jelas
  3. Flash card gambar hanya berisi 1 gambar untuk setiap kartu, tanpa latar belakang apapun
  4. Ketika Anda menunjukkan kartu tersebut kepada anak Anda, usahakan tidak terlalu lama. Cukup sekitar 1 detik
  5. Ketika anak Anda terlihat bosan, segera hentikan aktifitas belajar. Ingat, proses belajar jangan sampai dipaksakan dan jangan terlalu ingin cepat melihat hasil
  6. Adakan kegiatan ini hanya ketika anak Anda sedang baik perasaannya. Jangan sekali-kali mengadakannya ketika ia sedang lelah, sakit, atau rewel
  7. Pastikan juga Anda sedang dalam keadaan senang ketika mengajarkan si kecil membaca. Dengan begini, suasana belajar-mengajar menjadi menyenangkan
  8. Ketika anak Anda selesai mempelajari 1 set flash card, Anda bisa beralih ke set berikutnya sehingga ia selalu mempelajari sesuatu yang baru

Jangan lupa, setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda. Setiap mereka memiliki kelebihan dan kelemahan yang berbeda-beda dalam mempelajari sesuatu yang baru. Oleh sebab itu, pastikan Anda bisa menyesuaikan cara pembelajaran untuk setiap anak. Selamat menerapkan metode belajar membaca dengan flash card dan semoga berhasil!

Tertarik untuk memilikinya? Silahkan kunjungi Flash Card Bayi.

Di mana Anda bisa memperoleh flash card?

Banyak orang tua yang bertanya bagaimana mereka bisa memperoleh kartu Flash Card. Sebenarnya Anda memiliki 2 pilihan;

Alternatif pertama adalah membuat flash card sendiri. Namun cara pertama ini  seringkali menjadi sebab tertundanya proses belajar membaca si kecil. Kami perhatikan, tidak semua orang tua memiliki waktu untuk membuat sendiri flash card dan seandainya pun ada yang memulai membuat flash card sendiri, biasanya hanya bertahan sampai 1 atau 2 set kata saja, sehingga proses belajar-mengajar pun akhirnya tidak tuntas.

Alternatif  kedua, Anda bisa memperoleh flash card  dengan harga yang jauh lebih murah dengan flash card yang ada di pasaran. Koleksinya pun saat ini semakin lengkap. Klik di sini untuk melihat koleksi Flash Card Bayi tersebut.

 

>> Koleksi Flash Card – Klik Di Sini! <<

 

- -

 

>> Dapatkan Flash Card untuk anak Anda! <<

 

Artikel yang berhubungan:

  1. Mengapa Mama dan Papa Menjadi Ucapan Pertama Bayi?

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

63 Responses to Metode Belajar Membaca

  1. laylatul kurnia January 3, 2014 at 10:04 am #

    alhamdulilah brarti aku g salah anak ku aku ajari membaca sejak umur 3th.skrng umur 4th 9bln sdh bs baca dgn lancar.

    • Anonymous January 17, 2014 at 8:18 am #

      Mbak boleh share dong metodenya gimana ?

      • tips-bayi January 24, 2014 at 3:32 pm #

        Anonymous,

        Metodenya, bisa Anda membaca pada artikel di atas.. :)

  2. belajar membaca November 27, 2013 at 6:28 am #

    Maaf bunda, copas artikelnya, mudah- mudahan ini bisa menjadi metode untuk belajar-membaca

    • tips-bayi November 28, 2013 at 4:15 am #

      belajar membaca,

      Silahkan.. dengan link nya ya.. :)

  3. nurlailazahra August 23, 2013 at 7:47 am #

    Bagaimana jika anak saya sudah berusia 4 tahun? bagaimana agar lebih mudah mengajarkan baca pada anak usia segitu? apakah metode gland doman ini masih bisa diterapkan padanya? Tks

    • tips-bayi August 28, 2013 at 4:11 am #

      nurlailazahra,

      Metode dengan menggunakan Flash Card inilah salah satu metode mengajarkan membaca yang paling cepat. Pada usia 4 tahun masih bisa Bun.. jika anak Bunda memang belum bisa baca.. Dengan metode ini akan lebih efektif Bun.. ;-)

  4. rachelyn August 13, 2013 at 2:10 pm #

    Saya sdh beli paket lengkap flash card..anak sy 7,5bln..baru 1mgg ini mulai menggunakan flash card..tetapi anakku tidak tertarik melihat tulisan yg ada di card tsb. Dy sll ingin mengambil card tsb..krn seusia dy masih suka memasukan brg ke mulut…jd pst ny tdk sy berikan. Dan akhirny dy lgs mengalihkan pandangan ke arah laen,tdk mau melihat card..kl sdh begitu sy hentikan belajarny..sdh sy upayakn agar tdk ada benda laen yg menarik perhatian dy ketika sy memperlihatkan card tsb.gmn cara ny supaya anak ku mau melihat tulisan pd card?tq

    • tips-bayi August 14, 2013 at 1:05 am #

      rachelyn,

      Usia segitu.. bayi biasa memasukan benda-benda atau tangannya ke mulut.. NORMAL kok..
      Perhatikan jarak pandang, jangan terlalu dekat sehingga Flash Card gampang diraih buah hati Bunda..
      Buat rutinitas yang tetap terjadwal jangan dibuat beban.., sehingga lama kelamaan buah hati Bunda akan terbiasa dengan rutinitas tersebut.. Nantinya dari sekian banyak waktu pertemuan yang dibuat, pasti ada beberapa saat dimana buah hati Bunda akan fokus.. Inilah yang kita harapkan..
      Ingat Bun.. Sabar dan telaten kunci keberhasilan metode pembelajaran ini.. ;-)

      Suatu saat nanti, Bunda akan lebih bersyukur terhadap apa yang telah Bunda usahakan.. ;-)

      • rachelyn August 15, 2013 at 4:43 am #

        Iya kl jarak uda diatur, tapi dy lgs merangkak utk meraih card…iya memang hrz lebih sabar n telaten kl begini…thx tips baby..

        • tips-bayi August 20, 2013 at 3:37 am #

          rachelyn,

          Ya Bun.. Sabar ‘N Telaten..
          Bunda.. BISA.. ;-)

  5. tuti July 30, 2013 at 2:43 am #

    sy mw tnya kalo untuk usia 2 thun paket yg mana y.

    • tips-bayi July 31, 2013 at 1:51 am #

      tuti

      Bagusnya Paket Lengkap Bun… tapi kalau untuk pengenalan minimal Bunda beli seri 1 dan 2.

  6. niken larasati February 27, 2013 at 12:57 pm #

    apakah saat kita mengajari anak dengan flascard apa langsung dibacakan katanya atau kita juga mengejakan kata tersebut ex, ayah a-y-a-ya-h ayah atau langsung ayah saja?

    • tips-bayi February 28, 2013 at 4:14 am #

      niken larasati,

      Untuk metode ini.. Anda cukup mengucapkan kata yang tertulis di kartu.. contoh tertulis ayah cukup sebutkan langsung ayah.. ;-)

  7. purnamamulia September 17, 2012 at 3:10 pm #

    assalamu’alaikum.mba ato mas kalo ngajarinnya flash cardnya lewat media lain seperti tablet ada pengaruhnya ga?makasih.

    • tips-bayi September 25, 2012 at 5:38 am #

      @ purnamamulia,

      Wa’alaikumussalam,
      Jelas ada bunda.. :-)
      Nantinya yang akan menarik perhatian bayi malah medianya.. bukan materinya.. ;-)
      Belum juga masalah jika bayi ingin meraih benda tersebut lalu kita tidak memberikannya maka emosional anak juga akan terpengaruh. Jika medianya diberikan pada bayi Anda, ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan juga kan..

      Lain halnya jika menggunakan kartu..

      Untuk memahaminya, Anda bisa membaca berulang-ulang teori belajar membaca dengan flash card pada artikel di atas..

  8. rere July 22, 2012 at 7:51 am #

    kalo flash card dua kartu jadi satu g ya..jadi misalnya ad gambar duck n cat, berjejeran..jadi si anak nanti bisa ditanya..mis..which one is cat?soalnya susah banget carinya…

    • tips-bayi August 14, 2012 at 6:24 am #

      @ rere,

      Jika ingin demikian.. Sebenarnya bisa disiasati dengan memperlihatkan 2 kartu sekaligus.. ;-)

  9. Dian July 21, 2012 at 5:35 pm #

    Mana yang lebih baik dengan atau tanpa gambar untuk tahap perkenalan menggunakan flashcard?
    anak saya skrg 2th 1bln baru sj bljr bicara tp masih banyak bhsa planetnya. Akhir2 ini dia menunjukkan minat yg besar untuk belajar dan menirukan apa yg sy dan ayahnya katakan atau lakukan. Makanya sy jg semangat untuk mengenalkan membaca sejak dini. Saat ini dia sdh bisa menghafalkan gambar yg ada di buku untuk 12-16 gambar dlm waktu kurang dari 1 jam yg sering sy ulang sesi dan acak urutannya. Mohon sarannya..trims

    • tips-bayi August 14, 2012 at 3:47 am #

      @ Dian,

      Tahapan pertama, sambil melatih berbicara dengan pengucapan yang benar.. kita juga ajarkan membaca dengan memperkenalkan tulisan kata-kata dimulai dengan kata sederhana..

      Selanjutnya kenalkan tulisan sambil mengenalkan gambar yang nyata tentunya.. jangan sampai benda di kartu gambarnya lain dengan benda sesungguhnya.. :)

  10. Ana July 5, 2012 at 7:21 am #

    kok nggak ada nama penulisnya?tolong dicantumkan nama penulisnya dong?apakah flash card itu hanya untuk bayi?kalo untuk anak usia kira2 12-13 th bisa nggak (cocok tidak) untuk belajar membaca bahasa asing? * .&. *

    • tips-bayi July 8, 2012 at 8:08 am #

      @ Ana,

      Nama penulisnya.. Timtipsbayi.. :-)

      Flash card bayi bagusnya untuk bayi.. ;-)
      Yaitu untuk belajar agar anak bisa membaca lebih dini.. Ada dan bisa juga teori flash card untuk belajar bahasa asing..

  11. info kesehatan July 5, 2012 at 4:20 am #

    untuk mengajari anak umur 2 tahun sama aj ya…

    • tips-bayi July 8, 2012 at 5:35 am #

      @ agus info kesehatan,

      Ya .. sama.. ;-)

  12. thifa July 4, 2012 at 3:12 pm #

    Sy mau nanya,bgaimana cara agar anak berminat dalam belajar.? Anak sy usia 3,8 thn sngat sulit sekali untuk diajarin,pdhal cmn dsuruh mengikuti mnyebutkan angka,abjad,atw pun huruf hijaiyah,,,seperti tidak ada minat sama sekali,,penyerapannya pun sangat lambat,walau sudah diulang ulang masih blum bisa menyebutkan sendiri,sudah berbagai metode sy praktikkan,dr blajar biasa,bermain,bernyanyi,atw sy selingi ketika sedang nonton bareng,tpi dia benar benar seperti tidak ad minat untuk mengikuti ucapan sy,menggunakan permainan kartu pun sdh sy coba tpi yahhh hasilnya nihil,kira kira metode apa lg yg bsa sy lakukan agar anak sy memiliki ketertarikan untuk belajar.?

    • tips-bayi July 8, 2012 at 7:53 am #

      @ thifa,

      Hmm.. agak sulit ya..?
      Coba mulai dari Anda dengan ayahnya, buatlah belajar bersama semua atau beberapa anggota keluarga. Libatkan anak Anda dalam aktifitas tersebut tapi jangan ada paksaan. Buatlah menjadi kebiasaan rutin sehingga akan terbentuk suatu pola belajar mengajar rileks.. Buat jangan lama-lama tapi rutin..

      Sangat penting sekali, kurangi anak Anda nonton TV dan bisa mulai dari Anda, yaitu selama anak Anda belum tidur jangan banyak nonton TV. Biasakan komunikasi 2 arah dengan anak Anda, jangan hanya satu arah seperti TV.. ;-)

      • ViNoLa May 7, 2013 at 4:40 am #

        Mau nanya, emnag bener ya kalau kebanyakna nonton TV akan memberikan dampak kurang bagus terhadap perkembangan si anak?
        karena anak saya, umur 2,5 tahun, paling hobby nonton TV, terutama Baby TV dan Disney Junior. Bahkan, dia bisa menghitung 1 -10 dalam in English dari hasil tontonanya, tanpa ada yang mengajari, and it’s surprised me and my husband so.

        tetapi, karena di rumah si mbak nya berbahasa Indonesia, akhirnya untuk beberapa benda dia s ering tidak konsisten, terkadang menyebutnya dengan bahasa Indonesia, terkadang bahasa Inggris. Apakah perlu treatment tertentu, apa dan bagaimana, untuk pertumbuhannya? Kalau untuk penggunaan Flash Card, dia cenderung lebih mengenali gambarnya daripada hurufnya. Bagaimana caranya agar dia bisa tertarik terhadap huruf juga?

        Terima Kasih.

        • tipsbayi May 7, 2013 at 5:13 am #

          Jelas, terlalu banyak nonton TV tidak baik, apalagi untuk anak seusianya. Walaupun acaranya terkontrol, tapi iklan yang pada umumnya tidak mendidik akan sangat berpengaruh, apalagi jika berulang-ulang terus disaksikan oleh si kecil.

          Flash card di sisi lain memiliki banyak kelebihan, karena si kecil bisa berinteeraksi dengan lebih banyak indera dari berbagai sisi. Dia bisa melihat, memegang, menyebutkan sendiri, dsb. Mengenai pengajaran kosa kata Inggris, memang tidak perlu terlalu ditekankan untuk anak seusianya. Maksudnya agar ia lebih menguasai bahasa ibunya dengan lebih baik dulu.

          Untuk mengajarkan huruf / kata, coba dengan kartu yang hanya berisi kata, dan luangkan waktu khusus unruk Anda perkenalkan kepadanya. Setelah itu, baru mulai dengan kartu bergambar.

          Selamat mencoba ;)

  13. puspita pass June 30, 2012 at 7:27 am #

    terima kasih buat smua infonya,sy ingin pesan yg paket lengkap tp sy nggk ngerti cranya krn sy msh gaptek.

    • tips-bayi July 6, 2012 at 10:37 am #

      @ puspita pass,

      Sama-sama.. Anda ingin pesan Flascard ya..? boleh bu..;-) Ibu bisa kirim email atau lewat sms juga bisa, no yang bisa ibu hubungi 0821 2070 6074 dengan Abu Kahfi. Terima kasih..;-)

  14. iera May 28, 2012 at 2:19 am #

    sebaiknya kita mangajarkan bayi apa yang disebut membaca agar mereka tau bagaimana mamahami kata kata yang tidak dipahaminya karena itu akan membuata keahlian dalam membaca akan semakin mudah .
    apabila kita memberitau kepada anak kita tentang b.Inggris pasti dia akan faham

    tenkkyu infonya men

  15. kang ono May 23, 2012 at 2:51 pm #

    bisakah saya hanya memesan untuk beberapa item berbeda dengan paket yg tersedia?
    misal: seri bahasa inggris 6 bln sampai 3 tahun, telling time, kartu bayi belajar membaca seri-1 dan seri-2.
    apakah masih relefan untuk usia anak 6 tahun dan 9 tahun, usia sekolah TK dan SD kls III yang sudah mulai bisa membaca walaupun masih belum lancar.
    terimakasih

  16. mahfud May 5, 2012 at 1:00 pm #

    hmmmee… boleh juga infonya neh..
    :D

  17. diana April 19, 2012 at 9:17 am #

    hai.. paket-nya sudah saya terima.. thanks a lot

    • tips-bayi April 21, 2012 at 4:46 am #

      @diana,

      Terima kasih kembali..;-)

  18. yovita April 19, 2012 at 4:36 am #

    Sangat setuju!! Anak saya sudah mengenal flash card sejak usia 12 bln,saat ini dia.20bln,sudah menguasai 50 object dr flashcard termasuk berhitung sendiri dr 1-10 ….saya sangat merekomendasikan flashcard :)

  19. deddy March 16, 2012 at 8:02 am #

    Menarik, tapi kemampuan anak membaca pada usia dini memang menjadi kontoversi, perdebatan yang tak ada habisnya. Banyak yang mengangap tak harus usia dini (dibawah 5 tahun), tapi idealnya mulai diatas 5 tahun (masuk usia sekolah). Tapi ada yang beranggapan semakin dini maka akan menarik minat anak untuk membaca, menyukai buku, dst. Yang dimaksud dengan Usia Sekolah adalah ketika masuk SD, dan sebelumnya disebut Usia Pra Sekolah ( Pre School)

    Tapi saya berpendapat, sah2 saja kalau memang mengajarkan anak CALISTUNG (baCA, menuLIS, berhiTUNG). Tapi sebaik-baiknya adalah bukan memasukkan anak ke les, sekolah, kursus atau lembaga pendidikan lainnya tapi dijarkan oleh orang tuanya sendiri. Sebaik-baiknya guru, orang tua adalah guru terbaik anak.

    Dengan metode yang tepat dan dengan kesabaran, semua itu bisa dilakukan. Termasuk bagi kedua orang tuanya yang bekerja. Berbagi pengalaman saja, anak saya bisa membaca, tanpa mengeja umur tahunan (3,5 tahun). Umur 3 tahunan sudah bisa baca koran, subtitling film dengan lancarnya. Banyak menguasai kosa kata bahasa inggris yang cukup banyak untuk anak seusianya. Umur kurangdari 4 tahun saya dan istri masukkan ke sekolah musik dan alhamdulillah, kemampuan bisa dibilang diatas dari temen2 lain di sekolah musiknya walaupun usia nya paling kecil (karena saya masukkan sekolah musiknya terlalu cepat). Sekarang sudah pintar bermain keyboard/piano untuk lagu2 pendek. Sekarang anak saya sudah berumur 5 tahun 7 bulan. Sudah bisa menulis kalimat dengan 3 kosa kata (didiktekan), bisa mengerjakan soal matematika sederhana (tambah/kurang) sampai hitungan 20. Bisa bernyanyi lagu anak2 dalam bhs inggris.

    Dan semua itu, anak saya cuma sekolah TK B (saat ini) dan sekolah musik saja. Karena saya dan istri ngga pernah beljar musik, jadi kita sekolah kan saja. Dan sebagai informasi saya dan istri sama2 bekerja. Tapi tetap harus berkorban waktu untuk anak.

    Dan sekarang mencoba untuk daftar SD, tapi ternyata minimal harus 6 tahun per Juli dan kalau maksa harus ada surat pengantar dari psikolog. Dan beberapa hari lagi sudah dijadwalkan untuk ketemu psikolog anak. Mudah2an secara psikologi anak saya cukup untuk masuk SD.

    Salam,

    • tips-bayi March 21, 2012 at 3:01 am #

      @ deddy,

      Terima kasih atas sharingnya.. sangat bermanfaat untuk para orang tua..
      That’s Amazing.. ;-)

    • winda August 29, 2013 at 10:12 pm #

      metode yang tepat menurut pak deddy tersebut metode apa ya kalo boleh tau ?

  20. ambar March 8, 2012 at 2:44 am #

    seppppppp setuju

  21. Intan September 30, 2011 at 3:41 am #

    dear tips bayi,

    saya mau tanya, apakah baik mengajarkan flashcard berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris bersamaan?atau ada cara2 tertentu?

    • tipsbayi October 2, 2011 at 3:08 am #

      @Intan,

      Memang sebaiknya untuk tahap awal, bayi dikenalkan dulu kepada bahasa Ibunya, dalam hal ini bahasa Indonesia. Bahasa Inggris bisa menyusul ketika dia semakin dewasa. Dr. Bambang Kaswanti Purwo dalam tulisannya mengatakan, usia 6 – 12 tahun, merupakan masa emas atau paling ideal untuk belajar bahasa selain bahasa ibu (bahasa pertama). Alasannya, otak anak masih plastis dan lentur, sehingga proses penyerapan bahasa lebih mulus.

      Kebanyakan peneliti hingga saat ini menyimpulkan, akan lebih baik bila bahasa Inggris atau bahasa asing lain diberikan setelah bahasa daerah dan bahasa nasional terkuasai secara mantap. Pengajaran bahasa asing dalam usia dini toh bukan jaminan mutlak keberhasilan berbahasa pada anak.

  22. MC Wahyu Novitasari September 8, 2011 at 9:41 am #

    dear tips bayi,

    saya sudah order paket A dan langsung saya bayar by klik BCA,
    dan saya forward email dari BCA tentang sukses transfernya ke alamat email kontak@tipsbayi.com
    saya mohon konfirmasinya segera ya..
    kapan paketnya bisa dikirim ke alamat saya?
    terima kasih

  23. Kasih Trisnawati August 9, 2011 at 4:29 pm #

    met malam tips bayi……..paket flash cardnya dan e-book batita cerdanya sdh saya terima, tq so much…

  24. kristin l tobing August 8, 2011 at 3:47 pm #

    maaf saya sudah menambahkan 25.000 utk pembelian e-book batita cerdas 0-3 tahun..tolong konfirmasi segera..thanks

  25. kristin l tobing August 8, 2011 at 3:40 pm #

    selamat malam…,saya pesan paket C n saya sudah transfer ke bca melaui e-banking a.n kristin L .Tobing sebesar 200rb..tolong dicek dan segera info kapan barang dikirim yah..thanks..

  26. bobby July 11, 2011 at 1:45 am #

    selamat pagi, saya mau tanya knp email sy blm direspon mengenai pengiriman barang untuk paket C, sy sdh melakukan pembayaran pd hari sabtu sebesar 135.000 tp sampai skrg blm ada pemberitahuan mengenai pengirimannya.

    tks

  27. Dewi July 9, 2011 at 2:45 pm #

    Saya tertarik flash card matematika/berhitung. Brp hrgnya? Bisa digunakan utk anak umur brp bln/thn? atau ada bukunya?

  28. Ambu Faiqa July 5, 2011 at 1:50 pm #

    wah saya tertarik bgt ama flashcard, tp mulai usia berapa bayi bs di ajari membaca? usia berapa bulan pastinya? anak saya baru 4 bulan.

  29. sigit budiarto June 14, 2011 at 4:51 pm #

    untuk transaksi dengan Paypal bisa tidak?

  30. Anita kurniawati June 3, 2011 at 6:42 am #

    thanks atas postingannya
    saya jadi bersemangat pengen ngajari anak baca nih

  31. DON June 2, 2011 at 8:55 am #

    ada no telp yng bisa say hubungi ngga..?

  32. yunikeashadi June 1, 2011 at 2:54 pm #

    saya sudah beli e-book 12 bulan pertama dan isinya bagus sekali, makanya ketika ada email dari tips bayi tenta a-book batita cerdas tanpa fikir panjang saya langsung bayar..dan setelah saya klik flash card, ternyata kalo beli flash card dapat potongan 50%, jadi gimana,karena sekarang saya berminat beli flash chard yang paket lengkap, dapat potongan lagi gak 25 ribu?dan kalo ke Lubuklinggau sumsel gratis ongkir gak?trims

  33. Dwi Listiyowati Subekti May 30, 2011 at 7:52 am #

    Hi, tips bayi, terima kasih paketnya sudah saya terima, mudah2an bermanfaat untuk buah hati kami :) ,
    Saya mau pesan lg lengkap seluruh flash card, kecuali no.1 dan 5 krn sdh beli paket 4, berapa harganya? Setelah pembayaran kemana saya hrs konfirmasi? Terima Kasih atas info2nya yg sangat membantu saya untuk merawat dan mendidik buah hati kami.

  34. Dwi Listiyowati Subekti May 26, 2011 at 9:37 am #

    Terima kasih emailnya sudah saya terima, saya sudah konfirmasi via sms setelah pembayaran via no telp 081220913831 & 081215527730 yg ada di form pemesanan flash card, via sms sdh saya infokan harap paket dikirim hari kerja senin-jum’at jam 08.00 s/d 16.00 karena alamat yang saya berikan alamat kantor, jika paket sampai kantor saya hari libur (sabtu/minggu) saya tdk bs terima, mohon konfirmasinya agar paket bs lsng saya terima.

  35. Dwi Listiyowati Subekti May 25, 2011 at 4:14 am #

    hi tips bayi, terima kasih kiriman 12 bln pertama sdh saya terima via e-mail, saya sudah transfer Rp. 100.000 untuk pembelian paket batita cerdas 4 tgl. 10 mei 2011 via bank mandiri KC.Cut Mutiah Jakarta Pusat, berapa lama paket bs saya terima sejak uang ditransfer ya?

    • tipsbayi May 26, 2011 at 12:46 am #

      @ Dwi Listiyowati Subekti,

      Jawabanya sudah kami kirim via email yah.. :-)

Leave a Reply