Mengenalkan MPASI Setelah Bayi Berusia 6 Bulan

mpasi bayi 6 bulanAnda mulai bisa memperkenalkan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) kepada bayi Anda setelah ia berusia 6 bulan. Hingga usianya 6 bulan, asupan terbaik untuknya adalah ASI Eksklusif.

Ketika bayi sudah siap menerima MPASI, biasanya ia akan memberikan “sinyal”, alias tanda-tanda, diantaranya:

  • Kekuatan kepala: ia sudah bisa menahan kepalanya dalam posisi tegak dengan stabil.
  • Untuk bisa menyimpan makanan dalam mulutnya untuk kemudian ditelan, bayi harus mulai berhenti menggunakan lidahnya untuk mendorong makanan keluar dari mulutnya.
  • Duduk dengan baik sambil bersandar: untuk bisa menelan dengan baik, tentu saja bayi harus sudah bisa duduk dengan tegak, walaupun dengan bersandar.
  • Pada sebagian bayi, seringkali mereka akan terlihat “kelaparan”, walaupun sudah 8-10 minum ASI/Sufor dalam sehari.
  • Mulai tertarik dengan makanan Anda
Baca juga artikel terkait tentang makanan pertama bayi dan tuntunan membuat makanan bayi sendiri.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pengenalan MPASI adalah sebagai  berikut:

  1. MPASI diberikan sedikit demi sedikit, misalnya 2 -3 sendok pada saat pertama, dan jumlahnya bisa ditambah seiring perkembangan bayi, agar terbiasa dengan teksturnya.
  2. Pemberian MPASI dilakukan di sela-sela pemberian ASI dan dilakukan secara bertahap pula. Misalnya untuk pertama 1 kali dalam sehari, kemudian meningkat menjadi 3 kali dalam sehari.
  3. Tepung beras sangat baik digunakan sebagai bahan MPASI karena sangat kecil kemungkinannya menyebabkan alergi pada bayi. Tepung beras yang baik adalah yang berasal dari beras pecah kulit yang lebih banyak kandungan gizinya.
  4. Pengenalan sayuran sebaiknya didahulukan daripada pengenalan buah, karena rasa buah yang lebih manis lebih disukai bayi, sehingga jika buah dikenalkan terlebih dahulu, dikhawatirkan akan ada kecenderungan bayi untuk menolak sayur yang rasanya lebih hambar. Sayur dan buah yang dikenalkan pun hendaknya dipilih yang mempunyai rasa manis.
  5. Hindari penggunaan garam dan gula. Utamakan memberikan MPASI dengan rasa asli makanan, karena bayi usia 6-7 bulan, fungsi ginjalnya belum sempurna. Untuk selanjutnya, gula dan garam bisa ditambahkan tetapi tetap dalam jumlah yang sedikit saja. Sedangkan untuk merica bisa ditambahkan setelah anak berusia 2 tahun.
  6. Untuk menambah cita rasa, MPASI bisa menggunakan kaldu ayam, sapi, atau ikan yang Anda buat sendiri, serta bisa juga disertakan berbagai bumbu seperti daun salam, daun bawang, seledri.
  7. Jangan terlalu banyak mencampur banyak jenis makanan pada awal pemberian MPASI, namun cukup satu per satu saja. Berikan dulu dalam 2-4 hari untuk mengetahui reaksi bayi terhadap setiap makanan yang diberikan, untuk mengetahui jika ia memiliki alergi terhadap makanan tertentu.
  8. Perhatikan bahan makanan yang sering menjadi pemicu alergi seperti telur, kacang, ikan, susu dan gandum.
  9. Telur bisa diberikan kepada bayi sejak umur 6 bulan, tetapi pemberiannya bagian kuning terlebih dahulu, karena bagian putih telur dapat memicu reaksi alergi.
  10. Madu sebaiknya diberikan pada bayi usia lebih dari 1 tahun karena madu seringkali mengandung suatu jenis bakteri yang bisa menghasilkan racun pada saluran cerna bayi yang dikenal sebagai toksin botulinnum (infant botulism).
  11. Pengolahan MPASI harus higienis dan alat yang digunakan juga diperhatikan kebersihannya.

Tahapan pengenalan MPASI:

Mulai usia 6 bulan

Tekstur makanan : semi cair.

Mulailah dengan makanan lunak seperti biskuit yang diencerkan pakai air atau susu. Kenalkan pula bubur susu dalam jumlah sedikit demi sedikit. Bubur susu sebaiknya dibuat sendiri dari tepung beras yang dicampur dengan ASI atau susu formula. Untuk pengenalan rasa, selingi dengan tepung beras merah, kacang hijau, atau labu kuning.

Mulai pemberian sayuran yang dijus, kemudian buah yang dhaluskan atau di jus. Sayur dan buah yang disarankan yaitu: zicchini, pisang, pir, alpukat, jeruk.

Pemberian ASI atau susu formula di selang seling waktu makan utama.Untuk kebutuhan susu/cairan dihitung dari kebutuhan cairan per usia dan berat badan bayi. Kebutuhan cairan pada usia bayi trimester pertama sekitar 150cc/hari/berat badan.Trimester kedua sebesar 125cc/kg BB/hr dan trimester ketiga 110 cc/kg BB/hr.Contoh usia 12 bulan bb 10 kg, kebutuhan cairan sebesar 110 cc x 10 kg = 1.100 cc

Mulai usia 7 bulan

Perkenalkan dengan tekstur yang lebih kasar (semi padat) yaitu bubur tim saring. Coba terus seandainya bayi menolak atau muntah karena tahapan ini harus dilaluinya. Jika tidak nanti bayi akan malas mengunyah.

Perhatikan asupan zat besi seperti hati sapi karena di usia ini cadangan zat besi bayi mulai berkurang.

Setelah secara bertahap pemberian tim saring, bayi bisa dikenalkan dengan nasi tim tanpa disaring.

Jenis sayur dan buah yang disarankan: asparagus, wortel, bayam, sawi, bit, lobak, kol, mangga, blewah, timun suri, peach.

Bisa juga ditambahkan ayam, sapi, hati ayam/sapi, tahu, tempe.

Mulai usia 9 bulan

Mulai dikenalkan dengan bubur beras atau nasi lembek, lauk pauk dengan sayuran seperti sup.

Pada usia lebih dari 1 tahun, anak sudah bisa mengkonsumsi makanan keluarga.

Contoh Jadwal Pemberian MPASI

Sebagai acuan, untuk memberikan MPASI kepda si kceil, Anda bisa melihat jadwal di bawah ini. Jadwal ini bukan acuan baku lho, hanya untuk memberikan gambaran. Silahkan sesuaikan dengan kondisi buah hati Anda…

Untuk Bayi Usia 6-7 bulan:

06.00 : ASI/ susu formula.

08.00 : biskuit yang diencerkan dengan air/ASI/susu formula.

10.00 : buah.

12.00 : bubur susu.

13.00 : ASI/ susu formula.

14.00 : biskuit yang diencerkan dengan air/ ASI/ susu formula.

16.00 : ASI/ susu formula.

18.00: Bubur susu.

19.00 : ASI/susu formula.

Untuk Bayi Usia 7-8 bulan:

06.00 : ASI/ susu formula.

08.00 : biskuit/ bubur susu.

10.00 : buah.

12.00 : bubur saring.

13.00 : ASI/ susu formula.

14.00 : bubur susu.

16.00 : ASI/ susu formula.

18.00 : bubur saring.

19.00 : ASI / susu formula.

Untuk Bayi Usia 9-12 bulan:

06.00 : ASI/ susu formula.

08.00 : bubur susu.

10.00 : buah.

12.00 : bubur tim/ nasi lembek.

13.00 : ASI/ susu formula.

14.00 : bubur susu/ biskuit/ snack.

16.00 : ASI/ susu formula.

18.00 : Nasi tim/ nasi lembek.

19.00 : ASI/ susu formula.

Apa Tanda Si Kecil Sudah Kenyang?

Berikut tanda-tanda yang bisa menjadi ukuran ketika bayi Anda kenyang…

  1. Duduk bersandar di kursinya
  2. Berpaling setiap kali Anda sodorkan makanan
  3. Mulai memainkan makanan atau sendoknya
  4. Tidak mau membuka mulutnya

Artikel yang berhubungan:

  1. Resep Makanan Bayi: Bubur Beras Stroberi Untuk Bayi 6-12 Bulan
  2. Perkembangan Bayi 5 Bulan
  3. Bepergian Membawa Bayi Berusia di Bawah 1 Tahun?

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

273 Responses to Mengenalkan MPASI Setelah Bayi Berusia 6 Bulan

  1. bunda-ryfah June 23, 2014 at 1:38 pm #

    hai tips..mau tanya nih..ryfah lahir caesar karena ketubanq dah merembes 2 hari..pas lahir dy langsung diopname coz katax lambungnya kena infeksi..skrang dy dah umur 5m5d .. dy dah nunjukin tanda2 pingin makan,,tp aq g berani kasih mpasi coz dy pernah kena infeksi..pertanyaan saya.. mulai kapan q bs mengenalkan dy mpasi? n mpasi apa yg cocok buat dy yang pernah kena infeksi lambung?ohon pencerahannya..

    • tips-bayi July 8, 2014 at 6:26 am #

      bunda-ryfah,

      Infeksi lambungnya sudah sembuh ya Bun.. Bagus tunggu sampai usia 6 bulan atau jika Ryfah sudah menunjukan tanda-tanda siap menerima MPASI, insya Alloh berikan saja Bun.. :)
      Jika pada bayi Bunda terdapat tanda-tanda berikut maka sepertinya bayi Bunda sudah siap mendapat MPASI

      1. Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      2. Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      3. Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      4. Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      5. Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Untuk makannya, bagus jika Bunda memberikan MPASI buatan Bunda sendiri jangan instan atau jajanan.. Sebaiknya MPASI pertama bunda berikan bubur susu tepung beras.

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Untuk mengawali cukup tepung beras dan susu saja tapi untuk selanjutnya bisa Bunda masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Bunda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain.. ;)

      • siska October 18, 2014 at 2:00 am #

        Dear tips bayi,,
        Kalo buat tepung beras th blh sklian banyak ga? Biar pas mw msk gampang

        • tips-bayi October 28, 2014 at 3:03 am #

          siska,

          Untuk tepung beras buatan sendiri asal penyimpanannya ditempat kedap udara yang rapat bisa tahan berminggu-minggu, tetapi sebaiknya Bunda buat jangan terlalu banyak. Bunda bisa sediakan tepung untuk persediaan satu atau dua minggu, karena tepung buatan sendiri tidak memakai bahan pengawet perlu lebih fresh biar rasanya terjaga.. ;)

  2. Rainy_rae June 21, 2014 at 11:29 am #

    Dear tipsbayi,

    Anakku 6,5bln..baru saya kenalkan mpasi dari 6bln..tapi setiap makan selalu nangis kejer seperti dipaksa..tadinya saya gak paksa tapi setiap hari menangis terus..saya khawatir nanti beratnya turun..pernah akhirnya habis tapi selama makan gak berhenti nangisnya..menu juga sudah saya selang seling coba..paling mau dan gampang hanya buah alpukat dan jeruk saja…gimana ya solusinya..sampai kpn dia terus menangis setiap makan??mohon pencerahannya ya=’(

    Thanks

    • tips-bayi July 3, 2014 at 7:26 am #

      Rainy_rae,

      Masih mending ya Bun, nangis tapi abis juga.. :)
      Apakah suasana menyenangkan ketika makan sudah Bunda buat..? Misalnya sambil diajak bermain dan bercanda, atau diajak makan bersama keluarga.
      Bagaimana dengan rasa makanannya.. apakah pernah kita cicipi? Jangan-jangan rasanya aneh.. ;) Campuran makanan tidak lebih dari dua jenis bahan makanan..

  3. bunda raffa June 21, 2014 at 7:45 am #

    hallo bunda tips,sy puny anak usia 6bln knp yh pas dikasih mkan tpi di muntahin lagi?apkh byi sy blom terbiasa makan?tks

    • tips-bayi July 3, 2014 at 6:57 am #

      bunda raffa,

      Dimuntahin itu ketika pertama kali dikenalin MPASI..? Jika ya.. memang bayi perlu adaptasi dengan rasa makanan barunya.. ;)

      Perlu diingat Bun.. campuran makanan tidak lebih dari dua jenis bahan makanan, Coba cicipi rasanya oleh kita apakah rasanya aneh..? atau enak.. :)
      Untuk pertama kali berikan dengan tekstur cair. Pitar-pintarlah memfariasikan makanannya.. Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Bunda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

  4. christi June 5, 2014 at 2:55 pm #

    hai tips bayi,,,,mo tanya ttg pemberian MP asi ke anak yg baru 5bln,apakh pisang mas tak mengganggu pencernaanya?tq

    • tips-bayi June 19, 2014 at 9:29 am #

      christi,

      Jika bayi Bunda sudah siap dan diberi MPASI tidak akan apa-apa. Sebaiknya MPASI pertama bunda berikan bubur susu tepung beras atau pure buah/ sayuran. Cara membuat pure wortel/ kentang/ apel/ pisang, dll:

      a. Rebus atau kukus kentang atau wortel hingga empuk (apel dan pisang sebaiknya dikukus)
      b. Setelah empuk, angkat dan hancurkan menggunakan sendok atau garpu
      c. Campurkan ASI atau susu formula

      Untuk mengawali sampai beberapa hari berikan jadwal 1 kali makan, setelah itu tambah jadwalnya 2 kali. Berikan sesuai permintaan dan kesiapan bayi. Bila sudah siap, Bunda bisa memberikan jadwal 3 kali makan setiap hari.. ;)

      Ini Bun.. 4 jenis pisang unggulan untuk si kecil :

      Pisang ambon atau pisang hijau pisang ini biasanya banyak di berikan para ibu untuk anaknya karena teksturnya lembut.
      Pisang emas ini juga bagus untuk si kecil.
      Pisang Susu pisang ini bentuknya kecil-kecil tetapi teksturnya sangat lembut sehingga baik buat pencernaan si kecil.
      Pisang kepok nah biasanya pisang ini suka di buat sebagai bahan pisang goreng karena rasanya yang enak dan manisnya pas. tapi kalau buat si kecil sebaiknya jangan di goreng bunda rebus aja rasanya tidak kalah enak.. ;)

  5. mama cherolina May 30, 2014 at 4:07 pm #

    malam tips
    chero 7m3w bb 10.4kg sdh bisa duduk sendiri,dan ngongkok2.
    1-6w asix
    6m saya berikan mpasi bubur susu dari tepung beras dan sufor (kdg ditambah sayur) untuk pagi dan sore. untuk siang saya berikan biskuit/buah.
    7m saya berikan bubur saring (nasi tim,kentang,labu parang+sayuran+sufor) dg jadwal yg sm pagi sore. utk siang buah/biskuit.
    chero susah makan.. suka huek2 sm tekstur/rasa makannya dan pas 7m gtm krn tubuh 2 gigi sampai skrg msh ga mau magap klo disuapin.
    krn makannya sedikit setelah sy mandikan chero haus minta nenen jd sy disusui smpai tertidur.
    untuk asi ga pernah sy jadwal.
    yg ingin sy tanyakan apakah tidak apa2 klo bayi terbiasa stelah makan minum asi malahan lebih kenyang minum asi.. takutnya malah keterusan ga doyan makan..

    • tips-bayi June 11, 2014 at 11:31 pm #

      mama cherolina,

      Chero terlihat sehat, jadwal makannya sudah cukup bagus tinggal porsi dan pengaturan menunya. Ada yang perlu Bunda perhatikan..
      * Mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukainya.
      * Juga.. “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.
      * Mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya.
      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan.
      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Bunda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Bunda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.
      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda.

      Banyak ASI tidak apa-apa, untuk MPASI-nya berikan sesuai jadwal dengan porsi bertahap.. ;)

  6. gladiza May 4, 2014 at 10:36 am #

    Tips utk tepng beras homemade tahan brapa hari utk penyimpanan sblum dicampurkan air? Dan bagaimana cara menyimpan tepung beras homemade tsb?

    • tips-bayi May 14, 2014 at 2:08 pm #

      gladiza,

      Untuk tepung beras buatan sendiri asal penyimpanannya ditempat kedap udara yang rapat bisa tahan berminggu-minggu, tetapi sebaiknya Anda buat jangan terlalu banyak. Anda bisa sediakan tepung untuk persediaan satu atau dua minggu, karena tepung buatan sendiri tidak memakai bahan pengawet perlu lebih fresh biar rasanya terjaga.. ;)

  7. Mayang Tigana April 18, 2014 at 2:03 pm #

    Dear TipsBayi(dot)com

    Anakku usia 7 bln 7 hari, berat 6,8kg, aku kasih dia makan bubur dr tepung beras gasol, jam 7 pagi, 1/2 1 sing Dan 1/2 6 sore, trus jam 3 sore dikasih just jeruk baby/pepaya/wortel (salah satu), setiap 1-2 jam diselingi sama asi/sufor, klo malam tidur saya pakaikan celana panjang, karna dia ga suka pakai selimut karna setiap diselimuti paati langsung guling2an dan ngerengek, dan pakai kipas angin tp ga langsung, kipas anginnya kearah tembok. ada yg salah ga ya sm makanannya? Soal ya anakku kadang2 suka tiba2 demam sampe 37,7. Knp ya? Mohon infonya.. karna klo aku bawa kedokter terus aka. Dikasih obat,, pengennya sih ngejauhin obat2an.. klo bisa..

    Terima kasih.

    • tips-bayi April 29, 2014 at 4:22 am #

      Mayang Tigana,

      BB bayi Bunda masih termasuk NORMAL 85 % bayi Indonesia.. Makanan dan jadwalnya sudah bagus.

      Tidak apa-apa Bunda gunakan kipas, AC, atau cooler.. asalkan diperhatikan agar bayi Bunda tidak terkena hembusan langsung kipas angin atau AC yang sedang dipasang.

      Selain itu, sebaiknya Bunda memperhatikan juga kebersihan AC maupun kipas angin dengan membersihkannya secara teratur. Sebab, kotoran atau debu dari kipas atau AC itulah justru yang menyebabkan tidak sehat.. ;-)

      Perlu diketahui, demam karena penyakit apa pun, dari yang ringan seperti flu atau infeksi ringan, hingga infeksi berat di susunan saraf pusat atau di otak, dapat menggunakan KOMPRES. Seiring dengan kemajuan ilmu kedokteran, telah ditemukan ternyata cara yang paling pas mengompres yaitu menggunakan air hangat bahkan memandikan anak dengan air hangat. Jika memang suhunya tinggi tidak turun (> 38,5 derajat Celcius), barulah berikan obat penurun panas atau bawa ke dokter. Jadi, sebenarnya Anda bukan sama sekali tidak boleh memberikan obat kepada anak Anda, hanya saja jangan terlalu mudah memberikannya… baru panas sedikit sudah dicekokin obat..

      Biasakan kritis ketika bertemu DSA Bun. Setiap kali dikasih resep obat, tanyakan itu apa, fungsi setiap obat itu untuk apa? Kan Bunda bayar jasanya… Dan sekarang, dokter-dokter yang ‘PELIT’ informasi akan tergeser seiring dengan meningkatnya kualitas pelayanan kesehatan.

      Sekarang sudah mulai bermunculan dokter-dokter di RS yang sudah bertanya, “Ada yang ingin ditanyakan lagi Bu/Pak?”… Nantinya kita harapkan semuanya seperti ini tentunya… ;-)

  8. indri April 3, 2014 at 3:40 pm #

    Dear tips bayi..

    Bun..buah sebaiknya diberikan kapan y pagi siang atau sore?
    Begitu jg dgn bubur susu atau tepung beras?
    Terima kasih.
    Indri

  9. Anonymous April 2, 2014 at 9:09 am #

    anakku usia 5bln 10 hari.aku pengenny mpasi ny dkenalkan rebusan sayur bayam,wortel n kcang ijo,kira2 aman & bagus gk buat anakku?

    • tips-bayi April 8, 2014 at 3:00 pm #

      atiemacan@yahoo.co.id,

      Makanan tersebut bagus dikenalkan masing-masing satu macam rasa saja, dibuat jadwal bergantian. Untuk kacang hijau bagus tanpa kulit karena kulitnya masih sulit tercerna oleh bayi.. ;)

  10. canitha March 25, 2014 at 1:37 am #

    dear tips bayI
    Bayi sy berusia 10 bulan dan beratnya 9 kilo
    yang saya mau konsultasi soal makanannya,,, masalahnya sampai sekarang bayi saya belum bisa makan makanan yang kasar atau di saring soalnya dia pasti muntah,, jadi makananya di blender sampai halus baru di suap,, dan kalau hendak makan pasti bayi saya itu menangis,,,, bagaimana cara mengatasinya,,, mohon bantuannya,, TERIMA KASIH

    • tips-bayi April 2, 2014 at 6:40 am #

      canitha,

      BB bayi Bunda cukup bagus.. Rubahlah tekstur makanannya secara bertahap, perubahannya sedikit demi sedikit jangan terasa. Menangis ketika hendak makan, mungkin karena trauma dengan suasana atau kejadian yang tidak nyaman yang pernah dialaminya. Maka, mulailah membuat kebiasaan suasana makan yang menyenangkan. Ajak bicara dan bercanda seperti dalam suasana bermain.. Dengan membuat kebiasaan baru yang lebih menyenangkan maka akan merubah kebiasaan menangis ketika hendak makan.. ;)

  11. dewi March 16, 2014 at 2:30 pm #

    baby q umur 6 bln 5 hr diksh biskuit agak kental td pagi siang jus pir sore bubur beras merah agak cair alhasil malam ini perutnya keras n sdh 5 x pup berlendir. kenapa ya bun? ada saran? apakah aku salah ksh mkn? apa baby q kekenyangan y

  12. dewi March 16, 2014 at 2:28 pm #

    baby q umur 6 bln 5 hr diksh biskuit agak kental td pagi siang jus pir sore bubur beras merah agak cair alhasil malam ini perutnya keras n sdh 5 x pup berlendir. kenapa ya bun? ada saran? apakah aku salah ksh mkn?

    • tips-bayi April 1, 2014 at 4:05 am #

      dewi,

      Makanan yang diberikan sudah bagus. Kemungkinan higienitas makanan atau alat makannya Bun.. Bisa juga susu formula campurannya. Yang jelas menu makannya sudah bagus dan pertahankan pemberian MPASI buatan Bunda sendiri.

      Untuk sementara berikan ASI saja tidak sufor. Jika tidak demam dan tidak ada keluhan lain, Bunda jangan terlalu khawatir.. ;)

  13. windy February 6, 2014 at 3:54 am #

    Anak saya usianya 5bulan 2minggu, beratnya 7,4kg tinggi 70cm.. anak saya terlihat kurus jadi sejak usia 5bulan saya sudah memberikannya bubur susu tapi anak saya tdk lahap bahkan agak sulit.. karna saya bekerja saya mulai mencoba sufor tp anak saya ksulitan meminum sufor dr dot atau bs dikatakan tdk suka sufor.. sedangkan asi saya spertinya sdh tdk sebanyak dl, sekali pompa asip saya kanan kiri payu hanya dpt 150cc.. apa yang harus saya lakukan ya agar berat anak saya dan gizi anak saya terpenuhi?

    • tips-bayi February 18, 2014 at 4:51 am #

      windy,

      Sebenarnya BB bayi Bunda termasuk ideal pada usianya. Hanya memang termasuk tinggi, jadi terlihat kurus.. Jadi Bunda jangan mengkhawatirkan tentang BB-nya..

      Pertahankan terus pembaerian ASI meskipun harus dipompa, ingat Bun.. prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi, jadi siapa tahu kalau dicoba diberikan lagi dan lagi.. ASI nya akan keluar lebih banyak lagi. Yang tidak kalah pentingnya : Ibunya harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI.

      Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun… ;-)

      Untuk pemberian makan buburnya, karena sudah dimulai.. lanjutkan dengan porsi bertahap dan menu yang berfariasi sesuai dengan kesiapan bayi Bunda. Buatlah suasana makan yang menyenangkan.. Jangan ada paksaan..

      Untuk fariasi menu makan bayi, silahkan Bunda coba menu yang ada kategoti makanan bayi

  14. Anonymous February 3, 2014 at 7:24 pm #

    baby q usia 6,5bln
    bleh kah di kasih buah melon tp tanpa d kukus ato d rebus?ud 5 hr tk ksh gt,tp gkad efek ap2..tp bahaya kah untuk pencernaan ny?mhon bntuan ny

    • tips-bayi February 17, 2014 at 4:43 am #

      Anonymous,

      Melon matang manis dan teksturnya yang lembut boleh saja. Perlu diperhatikan, kita sajikan dengan tekstur yang lembut agar bayi tidak kesulitan dalam menelannya.. ;)

  15. bunda adit January 9, 2014 at 1:03 am #

    Hi tipsbayi anak saya baru 5 bulan tapi berat badanya sudah hampir 10 kg, dia belum diberikan MPASI ataupun Sufor murni hanya Asi saja, apakah Beratbadanya ini Normal berat lahir 3,965 Gram

  16. bunda adit January 9, 2014 at 12:55 am #

    Hi tips bayi, anak saya baru 5 bulan pas tapi berat badannya sudah hampir 10 kg, belum kasih MPASI dan SUFOR hanya ASI saja apakah Berat badanya ini normal, ohya berat badan pas lahir 3,965 gram.

    • tips-bayi January 24, 2014 at 3:42 pm #

      bunda adit,

      Bagus Bunda masih memberikan ASI saja, berikan MPASI setelah Adit berusia 6 bulan. BB termasuk lebih dari ideal tapi masih normal. BB lahirnya pun termasuk lumayan besar. :)

      Jangan khawatir, pertahankan pemberian ASI sampa Adit berusia 2,5 tahun. Jangan berikan sufor, berikan ASI dan MPASI saja.

    • Asri Mei February 9, 2014 at 2:42 am #

      Pag tips bayi, aku mau tanya saya baru punya anak usianya baru 6 bln 2minggu Tapi berat badannya 3’4 Kg, Bln kmrn sempat naik TPI ini turun lgi , waktu Umur 5 Bln dy sempat dirawat Krna dehidrasi dan penanganannya telat Krna saya tidak tau. TPI stlah sembuh sempat naek TPI makin ke sini BB nya malah trun trus. Ini bagaimana ya penanganannya ??? Trims

      • tips-bayi February 21, 2014 at 7:05 am #

        Asri Mei,

        Siang Bu Asri,

        Untuk kondisi seperti ini, sebaiknya Bunda periksakan dan konsultasikan dengan DSA, agar Bunda bisa mengetahuinya Bunda tanyakan dengan seksama.. jangan sungkan untuk minta penjelasan, karena dokter jika ditanya wajib memberikan keterangan yang benar, dan Bunda berhak bertanya.. :)

        Kami hanya tau BB saja tidak lengkap untuk menarik kesimpulan.. harus menjalani pemeriksaan lengkap..
        Semoga bayi Bunda sehat selalu tidak kurang suatu apapun.. Amiin.. :)

  17. bunda keisha November 25, 2013 at 2:00 pm #

    malam tipsbaby…

    Putriku sekarang baru berusia 4bulan 2 minggu, bb 6,1 kg tb 62 cm. kira2 pertumbuhannya normal g ya? Putriku sangat aktif sekali tengkurap telentang sendiri dan sekarang mulai berputar. Tapi ak lagi galau nih, mengingat usia putriku sampe 6bulan masih lama,tapi dia udah sangat2 tertarik sama apa yang dimakan orang lain..sampe2 dia ngiler kalau ngelihat orang makan/ngemil, terus suka masukin tangannya ke mulutnya..benda apapun kadang suka brusaha dimakannya. Selama ini ak hanya kasih dia ASI saja. Kira2 gimana ya tipsbaby, apa sudah boleh dikasih mpasi? Apa nantinya saluran cernanya tidak akan rusak (mengingat mpasi baru boleh diberikan setelah bayi berusia 6 bulan) ??

    tolong penjelasanya y tipsbaby…thanks before.. :)

    • tips-bayi November 28, 2013 at 4:24 am #

      bunda keisha,

      Siang Bun..

      Meskipun ada pendapat: ” Pada usia 4 bulan pun jika sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya, boleh diberikan MPASI jika
      pada bayi Anda terdapat tanda-tanda berikut

      1. Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      2. Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      3. Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      4. Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      5. Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Akan tetapi kami tetap menyarankan pada Bunda untuk sedikit bersabar menunggu sampai bayi berusia 6 bulan.. ;)

      Oh ya.. BB bayi Bunda cukup bagus.. tingginya pun cukup.. Aktif tanda sehat Bun.. Jangan GALAU.. :)

  18. meylina November 19, 2013 at 8:53 am #

    hai tips baby, ankku jeremy wellson lahir tgl 8 juni 2013 BB sekarang menjelang 6 bulan 7.8 kg TB : 59 cm..sekarng sangat aktif tidur berputar dan tengkurap.tapi ada 1 yg saya takutkan krn dia sangat suka memasukkan tangan kemulutnya dan menghisapnya.saya tdk berikan empeng krn saya tdk mau jd ketergantungan.makanya saya tidak berikan.apakah anak saya itu sudah minta makan ya bun..krn kesukaanya memasukkan tangan kemulut dan memandangi kami bila sedang makan..mohon infonya ..trims..

    • tips-bayi November 22, 2013 at 3:24 am #

      meylina,

      Hmm.. Usia segitu.. memang bayi mulai biasa memasukan benda-benda atau tangannya ke mulut.. Dan bisa jadi memang Jeremy sudah tertarik untuk makan.. Akan tetapi bagus juga kalau tunggu beberapa saat sampai Jeremy pas usia 6 bulan.. :)

      Jika Jeremy terlihat lapar, susui saja dulu dengan ASI.. Jangan dibatasi, berikan sesuai permintaan Jeremy

      Pastikan tangan Jeremy bersih, jagalah juga kebersihan mainan Jeremy. Jika Jeremy asyik dengan emutan tangannya, sebaiknya Bunda gantikan dengan ASI saja..
      Empeng jugabisa Bunda manfaatkan.., asalkan digunakan pada saat-saat ia benar-benar dibutuhkan (key times), selalu dijaga kebersihannya, dan orangtua tahu kapan menghentikannya sebelum mengempeng menjadi kebiasaan buruk si kecil..

  19. Bunda Haya November 1, 2013 at 8:45 am #

    Salam tips baby,
    MPASI yang benar diberikan saat anak masuk 6 bulan (full 5 bulan) atau full 6 bln ( masuk 7 bulan) ya? Terimakasih sebelumnya :)

    • tips-bayi November 6, 2013 at 4:04 am #

      Bunda Haya,

      Salam Bun..,

      Bayi setelah full 6 bulan, maka di bulan ke tujuh sudah mulai diberikan MPASI. Sebaiknya MPASI pertama bunda berikan bubur susu tepung beras atau pure buah/ sayuran. Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Bunda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Bunda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Cara membuat pure wortel/ kentang/ apel/ pisang, dll:

      1. Rebus atau kukus kentang atau wortel hingga empuk (apel dan pisang sebaiknya dikukus)
      2. Setelah empuk, angkat dan hancurkan menggunakan sendok atau garpu
      3. Campurkan ASI atau susu formula

  20. winda October 21, 2013 at 12:54 pm #

    Hai mom’s Anaq’qu hayuna usia’nya 7 bln Bb6’8kg”” knp ya qo bab’sering keras ???pdhl aq kasih buah setiap hari dan bubur ‘bayi’nya sudah aq kasih yg mengandung prebiotik u pencernaan’nya tp bab’nya masih agak keras knp ya????? Thank”s mom’s di tungg blzan”nya

    • tips-bayi October 23, 2013 at 5:18 am #

      winda

      minum sufor.. ? Tidak cocok susu, penyajian terlalu kental atau bahan MPASI bisa juga sebagai penyebab BAB keras.. Maka variasikan bahan makanannya, bisa Bunda coba dengan bahan dasar lainnya. Perbanyak menu makanan yang mengandung serat. Pilihlah menu dengan buah dan sayuran. Untuk konsumsi sayuran dan buah, bayi dianjurkan 5 porsi kecil setiap hari (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

      Usaha lain yang bisa Bunda lakukan apabila bayi Bunda susah BAB..

      * Bantulah bayi Bunda dengan melakukan olahraga kecil, dengan cara menekuk lutut bayi kearah perutnya secara lembut beberapa kali, yang akan membantu untuk mengeluarkan feses
      * Mandikan dengan air hangat.
      * Oleskan baby oil di daerah sekitar anus bayi.

  21. NOVARINA October 10, 2013 at 8:28 am #

    hi tips bayi

    bayiku sudah mau 7 bulan bbny 5,8 kg,beratnya dikatakan kurang,masih asi walaupun sedikit dan susu soya karena anakku alergi susu sapi,sudah mulai aku kasih makan bubur buatanku sendiri,tapi akhir2ini bebiku susah bab dan keras ,babnya sampai 4 hari dan warnanya ijo,buburnya aku buatkan sendiri nasi saring campur sayur juga aku kasih buah seperti jus pear , jus apel ,jus pepaya,apakah karena makanannya ato susuya ya ,apakah susu soya penyebab sembelit,tapi sebelum aku kasih makan pupnya normal danminumnya juga susu soya dan asi ku,

    • tips-bayi October 16, 2013 at 2:58 am #

      NOVARINA,

      Pengeluaran bagaimana pemasukan.. itu prinsip sederhananya. Bunda coba lebih cairkan lagi buburnya. Coba juga Bunda berikan susunya ASI saja dulu dan pertahankan pemberian ASI sampai usia 2 tahunan, karena dengan hanya memberikan ASI insya Alloh akan terhindar dari sembelit.. Jus nya pepaya saja dulu.. ;)

      BAB hijau masih normal, tetapi tidak boleh terus-menerus muncul seperti itu.. berarti makanan atau sufor yang bayi Bunda konsumsi mempunyai kandungan gula & laktosa tinggi tapi rendah lemak..

      Usaha lain yang bisa Bunda lakukan apabila bayi Bunda seperti susah BAB..

      * Bantulah bayi Bunda dengan melakukan olahraga kecil, dengan cara menekuk lutut bayi kearah perutnya secara lembut beberapa kali, yang akan membantu untuk mengeluarkan feses
      * Mandikan dengan air hangat.
      * Oleskan baby oil di daerah sekitar anus bayi.

  22. bram's mom August 17, 2013 at 12:48 pm #

    Malam tips bayi..

    Lg galau nich,, my baby boy bram lhr l9 des’l2, mo 8 bln, tp bb / tb nya cmn 6.6 kg / 65 cm. Menurut tips normal gak y?? Pdhl slma MPASI diksh mkn sayur, buah, dll yg dimasak sndiri bukan instant. Klo usia skrg diksh susu uht plain boleh gak y?? Krn klo slma ku kerja, my baby dah.mulai krg suka sufor nya. Pas ku break kerja n slma di rmh ya asi trs,,

    • tips-bayi August 20, 2013 at 4:24 am #

      bram’s mom,

      Siang Mom,

      BB bayi Bunda masih termasuk NORMAL.. karena termasuk 80% BB normal untuk bayi Indonesia.. TB nya bagus.. termasuk 95% TB normal bayi indonesia.

      Susu UHT bagus Bun.. Direkomendasikan pemberiannya untuk bayi diatas 12 bulan. Jumlah yang diberikan berkisar antara 2-3 gelas sehari atau sesuai kemampuan anak. Boleh diberikan untuk bayi 9 bulan akan tetapi perlu dicampur dengan sedikit air.. ;-)

  23. bunda Aira August 13, 2013 at 4:30 am #

    anakku aira lahir tanggal 31 januari 2013,BB 6,2 kg sejak tgl 01 agustus lalu mulai dikasih mpasi,alhamdulillah g ada masalah.kira2 dengan usianya skarang berta segitu kurang pa nga Ya

    • tips-bayi August 13, 2013 at 7:36 am #

      bunda Aira,

      Memang kurang sedikit dari BB ideal, tapi BB bayi Bunda termasuk NORMAL.. karena termasuk 80% BB normal untuk bayi Indonesia.. BB ideal usia segitu 7,7kg

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Bunda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain.. Dan bagus kalau MPASI nya buatan sendiri.. ;-)

  24. yunita June 10, 2013 at 8:24 am #

    Hai Tips Bayi,

    Anak saya nicho sudah masuk usia 6 bln 1 minggu dgn BB 7.7 kg dan panjang 66cm, sejak 1 bulan lalu dia sudah tdk mau menyusui langsung dgn saya (hanya mau dari ASIP), stock ASIP saya tinggal untuk 1 hari saja dan sekarang kalau mompa hasilnya sudah berkurang, satu hari hanya dapat 3 botol (biasanya min 6 btl) sedangkan kebutuhannya 6 botol, saya jadi dilema apakah harus memberikan tambahan sufor?? u MPASI saya sudah memberikan bubur susu yang dicampur ASIP dan juice buah tapi dia sering menolaknya.

    • tips-bayi June 13, 2013 at 2:50 am #

      yunita,

      Hai..

      Terus saja pompa dan jangan ada fikiran ASI saya sedikit nih.. tidak akan cukup.. maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun… ;-)

      Tidak harus diberikan tambahan sufor, coba terus MPASI diberikan meskipun Nicho menolaknya.. lama-lama Nicho akan mau juga..
      Buatlah makanannya dengan rasa sederhana yang tidak jauh dengan rasa makanan pokok sebelumnya.. ASI..
      Jangan memberikan rasa yang terlalu aneh pada Nicho, malah nanti Nicho menolaknya.. ;-)

  25. Tiwik June 9, 2013 at 4:07 pm #

    Hi tipsbayi.com
    Bayi sy athallah skrg berumur 4 bln 3 minggu dg BB 8 kg, dan atha minum sufor yg soya krn alergi susu sapi, dilht dr ciri2nya sprtnya atha sdh ?ª? mkn krn apa yg dipegang slalu dimasukan ke mulutnya, kmrn prnh sy ksh sari apel krn BABnya agak keras. Stlh minum sari apel pup ??å sdh baikan sih, tp bgtu gkk diksh lg pupnya keras dan berwarna hijau. Rencananya sdh ?ª? sy beri mkn, sebaiknya untuk pertama diberi makanan apa? Krn sy ingin membuat makanannya sendiri mengingat anak sy alergi susu sapi, hanya sj Sy bingung Apa kalau hnya dikash bubur susu sdh mencukupi gizinya?
    Dan jg jadwal pemberianya makannya ???? pagii hari atau siang? Krn sprt uraian diatas utk pertama kalinya 1 hari 1 kali mkn.
    Mohon pencerahannya dan solusinya, trmksh

    • tips-bayi June 12, 2013 at 1:20 am #

      Tiwik,

      Hi juga..

      Jika Athallah sudah terlihat mau makan.. Bunda bisa coba mulai perkenalkan makanan semi cair.. Bunda bisa buat bubur sendiri dengan tekstur agak cair.. Usahakan rasanya tidak terlalu jauh dari rasa makanan pokok sebelumnya ASI.. Bisa sufor soya dijadikan susu campuran buburnya..

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Bunda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Bunda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

      Untuk memulai dari jadwal 1 kali dalam 1 hari.. Bunda bisa mulai dari makan siang.. Nantinya bisa ditambah jadwalnya secara bertahap.. ;-)

  26. tina June 6, 2013 at 11:50 am #

    dear tips bayi
    bayi ku umur 5 bln, bb 5,7kg pnjg 58. :( krn bbnya krg,DSAnya nyuruh untk ksh mpASI. smp skrg msh ku ksh ASI sj. kira2 mknan apa saja yg bisa menaikkan berat badannya ya? trmksh

    • tips-bayi June 11, 2013 at 1:28 am #

      tina,

      BB bayi Bunda termasuk NORMAL.. karena termasuk 85% BB normal untuk bayi Indonesia..

      Ya benar.. bayi Bunda sudah bisa diberikan MPASI.. Untuk makanan pertamanya Bunda bisa kenalkan bubur susu atau pure buatan Bunda sendiri.. Usahakan rasanya tidak terlalu jauh dari rasa makanan pokok sebelumnya ASI..

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Bunda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Bunda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Bunda sendiri jangan instan..
      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Bunda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak Bunda.
      2. Bunda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

      Dan.. Meskipun Bunda sudah memberikan MPASI, TETAP Bunda bagus kalau mempertahankan terus pemberian ASI sampai bayinya berusia 2 atau 2,5 tahun. Bunda bisa menjadikan ASI sebagai susu campuran MPASI nya.. ;-)

  27. ardiana May 29, 2013 at 10:13 am #

    anak saya lahir tgl 31-12-12… kira2 bulan berapa baiknya di perkenalkan MPASI yg pertama kali?????

    • tips-bayi June 1, 2013 at 1:34 am #

      ardiana,

      Bulan Juli tanggal 1 tahun 2013.. Bunda sudah boleh memberikan MPASI pada buah hati Bunda.. ;-)

  28. Mama Naila May 28, 2013 at 3:13 pm #

    Hay Tips bayi…

    Anak’q berusia 8 bulan, aq kasih MPASI pas 7 bulan. Yang aku tanyain, kita memberi MPASI sampai bayi kenyang atau di atur misalnya 3 sendok atau 4 sendok sekali makan. Terimakasih.

    Terimakasih
    Mama Naila

    • tips-bayi May 31, 2013 at 7:56 am #

      Mama Naila,

      Hai juga Mama Naila..

      Untuk mengawali.. kita berikan MPASI dengan takaran sedikit dulu.. Setelah memperlihatkan kecocokan dan kesiapan, maka kita berikan porsi sesuai dengan kesiapan bayi Bunda tentunya dengan peningkatan yang bertahap.. Ukuran standarnya, usia 7 bulan 7 sendok, usia 8 bulan 8 sendok begitu seterusnya. Akan tetapi jika terlihat masih kurang Bunda boleh menambahnya sesuai kesiapan bayi Bunda.. atau jika masih terlihat lapar bisa diberikan menu camilan tambahan.. ;-)

      • Anonymous June 1, 2013 at 6:27 pm #

        Sendok bayi atau Sendok mkn dws ya?

        • tips-bayi June 3, 2013 at 3:22 am #

          Anonymous,

          Untuk takaran penyajian sendok makan dewasa.. untuk menyuapi sendok makan bayi ya.. ;-)

  29. agnes May 28, 2013 at 3:55 am #

    Halo, anak saya usia 18 bulan, untuk makan dia ngga ada masalah, tetapi dia hanya doyan susu coklat, dia minum susu coklat sejak usia 14bulan, apakah aman2 saja? mohon tips nya yah, thanks ^^

    • tips-bayi May 31, 2013 at 2:04 am #

      agnes,

      Halo juga..
      Anaknya sudah 18 bulan ya.. Susu rasa coklat intinya tidak apa-apa.. Yang Bunda berikan susu coklat dari Susu Formula atau UHT..? Jika anak Bunda tidak menghindari lemak susu, sebaiknya pilih susu coklat UHT Bun..

      Bila dilihat dari sisi kualitas susu dengan cara sterilisasi, susu UHT lebih baik dibandingkan cara sterilisasi lain. Proses sterilisasi UHT yaitu dengan pemanasan yang tinggi dan singkat tanpa pengawet, higienis karena bebas dari seluruh mikroba (patogen/penyebab penyakit dan pembusuk) serta spora sehingga potensi kerusakan mikrobiologis sangat minimal, bahkan hampir tidak ada.

      Direkomendasikan pemberiannya untuk bayi diatas 12 bulan. Jumlah yang diberikan berkisar antara 2-3 gelas sehari atau sesuai kemampuan anak. Boleh diberikan untuk bayi 9 bulan akan tetapi perlu dicampur dengan sedikit air.

      Bagaimana dengan susu formula? Susu bubuk berasal susu SAPI segar yang kemudian dikeringkan, umumnya menggunakan spray dryer atau roller dryer. Kerusakan protein sebesar 30 persen dapat terjadi pada pengolahan susu cair menjadi susu bubuk. Kerusakan vitamin dan mineral juga lebih banyak terjadi pada pengolahan susu bubuk. Setelah itu juga susu dibuang lemaknya sebagian untuk jadi susu bubuk rendah lemak (partly skim milk powder) dan dibuang semua lemaknya untuk jadi susu bubuk tanpa lemak (skim milk prowder). Maka apabila bayi Bunda menghindari lemak susu, maka susu skim formula ini lebih tepat untuk bayi Bunda.

      Jadi yang penting untuk diingat carilah susu yang cocok dan yang dibutuhkan untuk bayi Bunda.. Untuk merk.. Sepertinya Bunda lebih banyak tahu.. ;-)

  30. Bunda Ria April 9, 2013 at 10:34 pm #

    Hay tips bayi,,
    Mw tny nie…Anak saya cowok,sekrang umur 9 bln 9 hri,dgn BB 10,3Kg & TBny 73cm.
    Selama 9bln saya ksih ASI Eksklusif.& bru kmrn saya kasih makanan tambhan,Alhmdulillh perkmbangan BB & TBny bgus..mkanny Seneng bgt,mulai skrng klo’ lpar nangis.
    Apakah pemberian ASI Eksklusif sampai 9bln itu lbh bagus untuk babyku???
    Trimkasih.

    • tipsbayi April 9, 2013 at 12:09 am #

      Biasanya ASI Eksklusif diberikan paling cepat usia 6 bulan dan paling lambat usia 8 bulan.

  31. mama khanza April 9, 2013 at 1:45 pm #

    Hi tips bayi,,,, bayiku usia 5 bulan, berat badannya 8,6kg tingginya 69cm. Apakah bayi saya normal?
    Oiya,,, apakah perbdaan mpasi antara beras yg dsangrai dan d tepung dulu lalu dmasak dg beras yg lgsg dmsak dg air? Trimkasi

    • tipsbayi April 9, 2013 at 12:08 am #

      BB-nya sudah di atas rata-rata normalnya BB di negeri kita bunda… Tentu yang langsung dimasak dengan air lebih sehat bunda, karena lebih segar (tanpa diproses lebih dulu)…

  32. rizka April 7, 2013 at 11:14 am #

    Ass..
    anak saya saat ini sudah 6 bulan.. saya sudah mengenal bubur beras merah + ASI buatan sendiri.. saya memberikannya 1x sehari dengan keadaan bubur encer.. kapan saya bisa menambah porsi makannya jadi 2x sehari? Dan kapan saya bisa memvariasikan buburnya dengan sayuran dan kaldu daging? Terima kasih sebelumnya.. Mohon di jawab.. terima kasih sebelumnya.. :)

    • tipsbayi April 7, 2013 at 11:43 pm #

      Bunda bisa mengikuti contoh jadwal makan yang ada di atas. Sayuran dan kaldu daging bisa diberikan sebagai bubur saring (berarti mulai usia 7-8 bulan)

  33. laili April 5, 2013 at 3:45 am #

    saya ibu berkerja, anak saya lahir tgl 25 okt 2012,,lahir prematur 17 hari lebih cepat dari HPL
    untuk hitungan umur bayi saya apakah tgl 25 April 2013 ini sudah 6 bulan,,,apabila sudah makanan apa yang baik untuk bayi prematur..apakah ada perbedaan dengan bayi yg lahir normal?

    • tipsbayi April 5, 2013 at 11:20 pm #

      Bayi prematur biasa memiliki 2 umur:
      - Umur kronologis: umur yang dihitung sejak kelahirannya
      - Umur penyesuaian: umur berdasarkan umur yang seharusnya. Misalnya bayi A berumur 5 bulan, tetapi ia lahir 1 bulan lebih awal. Maka umur penyesuaian adalah 5-1 = 4 bulan.

      Untuk pemberian MPASI, diberikan paling cepat ketika umur kronologisnya 6 bulan, namun sambil terus diawasi perkembangannya…

  34. mami caca March 5, 2013 at 7:25 am #

    dear tipsbayi
    baby umur 5bln 22minggu bb nya 9kg. mulai deg2an nih soalnya bntr lagi mau dikasih mpasi. tp mslhnya blm ada ciri yg disebutkan jika baby dah siap dikasih mpasi. spt kepalanya msh manggut2 meskipun g sering tp klo liat papi maminya mkn serimg liatin apalgi klo papi maminya mkn krupuk. trus klo baru pertamakali dikasih mpasi baiknya apa ya? klo wortel yg diblender bagus ga? terima kasih

    • tips-bayi March 9, 2013 at 4:24 am #

      mami caca

      Untuk makanan pertamanya Bunda bisa kenalkan bubur susu atau pure buatan Bunda sendiri.. Usahakan rasanya tidak terlalu jauh dari rasa makanan pokok sebelumnya ASI..

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Bunda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Bunda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Bunda sendiri jangan instan..
      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Bunda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak Bunda.
      2. Bunda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

  35. yulia January 19, 2013 at 1:29 pm #

    dear tips, anakku alyssa skrg 6bln baru coba MPASI bb 8kg, mau tanya kalo kacang ijo bs dibikin tepung juga ? apa harus direndam & disangrai spt beras merah ? thanks tips

    • tips-bayi January 23, 2013 at 1:40 am #

      @ yulia,

      BB bayinya NORMAL… karena termasuk BB ideal untuk bayi Indonesia.
      Baru di kasih MPASI ya…?
      Bisa Bun kacang ijo dibikin tepung, prosesnya sama seperti beras merah.
      Selamat mencoba…..;-)

  36. Rully January 12, 2013 at 6:28 am #

    bayi saya baru genap 6 bulan 3 hari yg lalu & baru 3 hari jg mulai diperkenalkan MPASI tp benar2 sangat drama yah?
    Hari 1 berhasil masuk 3 sendok bubur susunya (instant) walau pake drama ngambekk2 kecil,
    Hari 2 berhasil masuk 4 sendok jg dgn adegan yg sama dan hari ini hari ke 3 nyoba buatin bubur susu sendiri pake tepung beras + Asi Perah cuma masuk 3 sendok dgn drama ngambek + di sembur2 pula hadeeeeeww…..drama bgt ngajarin kali pertama bayi makan yah hikz…. ada solusi gak yah biar bayi saya mau makan lahap?? padahal sblum saya kasih MPASI klo saya makan pasti sperti penasaran kepingin ikutan makan jg?? skrg dah waktunya dikasi MPASI malah sperti nolak gitu??? :(

    • tips-bayi January 15, 2013 at 6:36 am #

      Rully,

      Memang.. perlu ekstra sabar.. ;-)
      Buatlah rasa MPASI sama dengan makanan pokoknya ASI. Jadi campuran ASI nya harus tambah lagi agar rasanya tidak terlalu jauh..
      Ciptakan suasana makan yang menyenangkan, berikan porsi sedikit-sedikit dan agak cair..

      Jika MPASI masuk hanya sedikit, gantikan dengan ASI. Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Anda akan berterima kasih suatu hari nanti !

  37. zola December 27, 2012 at 3:11 am #

    hai saya seorang ibu yg bekerja, selain asi saya ingin memberikan susu bantu u anak saya yg berusia 6 bln. apakah boleh bayi diberi air susu kedelai yg diolah sendiri? thanks

    • tips-bayi December 28, 2012 at 12:34 am #

      zola,

      Bunda bisa buat sendiri ya..? Boleh saja.. Akan tetapi meskipun susu formula atau susu soya terlihat bisa mengganti ASI, akan tetapi tetap Susu terbaik untuk bayi Adalah ASI.. Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

      Dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

      Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

      ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditandingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

      Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

      Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya. ;)

      Saran kami kalau Bunda bekerja.. Sebenarnya Bunda masih bisa memberikan ASI saja tanpa sufor meskipun Bunda sibuk bekerja di luar rumah.. Bunda bisa memerah/ memompa ASI Bunda ketika Bunda sedang dirumah, simpan ASI perahan pada botol di lemari es atau freezer, berikan ASI tersebut pada bayi Anda oleh anggota keluarga yang lain ketika Bunda tidak sedang dirumah. Jangan lupa hangatkan terlebih dahulu ASI tersebut, dengan cara merendamnya di wadah yang berisi air panas..

      Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

      Anda bisa baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

      • zola January 2, 2013 at 9:14 am #

        saya memang sangat berharap bisa memberikan yg terbaik u buah hati saya, saya juga udah mencoba u memompa asi di tempat kerja, tapi sekarang asinya mulai berkurang biasanya dapat 3 s/d 4 botol sekarang pulang cm bawa 1 s/d 2 botol :(
        Apakah aktifitas yg tinggi bs mempengaruhi produksi asi ya?
        Thanks

        • tips-bayi January 5, 2013 at 4:19 am #

          zola,

          Aktifitas fisik tidak begitu berpengaruh.. Tapi psikologis Bunda.. Bunda harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI.. ;-)

          Walaupun hanya 1-2 botol tetaplah pertahankan jangan sampai Bunda hentikan, ingat.. “based on demand”, Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi.

  38. mita virina esha November 2, 2012 at 6:46 am #

    Dear tipsbayi
    Anak saya baru berusia 5bulan tp sudah mau makan saja dan perutnya seperti keroncongan setiap ada yg mkn dan marah kalau tidak diberi, apa hal itu wajar y? Dan apa tidak masalah jika saya perkenalkan dg juice?

    Mita

    • tipsbayi November 5, 2012 at 11:28 pm #

      @mita,

      Banyak bayi seperti itu Bun, karena tertarik dengan hal baru dan ingin mencoba. Tapi Bunda kan bijaksana… sistem pencernaan si kecil belum kuat Bun untuk menerima selain ASI. Sabar saja Bun, dan tunggu hingga usianya 6 bulan…

  39. bunda razvan September 24, 2012 at 3:18 pm #

    terimakasih ilmu nya tipsbayi.com :)
    klo pemberian MPASI diatas dicampur dengan metode blw bsa g ya? jd sayuran sama buah2an nya dikasihin sebagai cemilan dgn metode blw gtu?

    • tips-bayi October 2, 2012 at 4:28 am #

      bunda razvan,

      Bagus.. bagus jika Razvan senang. Apabila Razvan sudah bisa memegang sendiri dan mengunyah bisa mulai diperkenalkan ‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil dan sayuran rebus..

  40. Yuli Wiyatni September 22, 2012 at 12:48 pm #

    halo tipsbayi.com.anak sya sekarang usianya 6 bulan.sudah 3 hari ini sya coba mengenalkan MP asi.Sya mencoba membuat bubur sendiri dari tepung beras merah dicampur susu formula.sya memberikannya 1 kali sehari yaitu saat pagi karena katanya utk perkenalan berikan 1 kali sehari dulu.terus brapa lama tahap memperkenalkan MP asi pd bayi?pertanyaan selanjutnya adl bayi sya selalu menolak saat disuapi makan.dia merengek bahkan selalu menggerakkan tubuhnya sampe hampir merosot dr gendongan sya.apakah respon bayi sya wajar?apakah ada cara agar anak saya mau makan?mohon tips dan triknya utk membantu memberi makan pertama bagi anak saya..terima kasih sebelumnya..

    YULI

    • tips-bayi September 28, 2012 at 12:43 am #

      @ Yuli Wiyatni,

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Anda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Bayi susah makan.. memang terkadang demikian bu.. Selain memberikan menu yang variatif …Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

      Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan anak Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi anak Anda..

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan misalnya dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Anda akan berterima kasih suatu hari nanti !

  41. lina September 12, 2012 at 11:01 am #

    Hi, bayi sy skrg dah 6 bln 2 minggu, bb 7.5 kg dan tingi 61 cm, itu sdh idealkah? slama 6 bln aku asi eksklusif dan skrg baru mengenalkan mpasi. Ternyata stlh saya baca komentar2 di tips bayi, ,mpasi harus dicampur asi yah.. sy baru tahu nih, jd slama 2 minggu ini bayi sy ksh mpasi tanpa campuran asi. apakah itu gpp? lalu katanya ikan salmon itu bagus utk pertumbuhan otak bayi, bs dikasih wkt umur bayi brp bln ya? thanks before :)

    • tips-bayi September 24, 2012 at 9:04 am #

      @ lina,

      BB cukup ideal, tapi TB kurang 5 cm dari ideal.. ;-)

      Benar.. MPASI dicampur ASI itu bagus, ketinggalan 2 minggu..? Belum terlambat bun.. langsung saja mulai sekarang ya.. :-)

      Ikan.. Selain tinggi protein, ikan memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat bagi pembentukan otak bayi. Ikan baik ikan air tawar maupun ikan laut seperti tuna, tengiri, makarel, salmon dan kakap besar dapat diberikan kepada bayi Anda bila sudah berusia 9 bulan ke atas..

      Ikan, terutama yang bertulang, dikenal sebagai pencetus alergi pada bayi. Bahkan seringkali dianjurkan untuk memberikan ikan hanya jika bayi berusia 1 tahun. Ada yang menyarankan untuk menunggu hingga usia 3 tahun. Namun ada juga yang menyatakan bahwa ikan aman dikonsumsi bayi berusia 9-10 bulan. Alasan lain menunda pemberian ikan pada bayi adalah kandungan merkuri yang mungkin terdapat pada ikan. Saat pertama kali mengenalkan ikan, penting untuk memilih tipe ikan berdaging putih. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter anak Anda sebelum Anda memberikan ikan, terutama kerang-kerangan..

  42. rina September 10, 2012 at 2:16 am #

    halo, saya mau menanyakan utk bayi yg baru 6 bln, sebaiknya diberikan bubur buah yg dikukus dulu? klo langsung diberikan dgn cara dilumat saja tanpa direbus gpp?

    Trus klo membuat bubur utk bayi disimpan dlu lalu dimasukkan ke kulkas, nnti diberikan ke bayinya dipanaskan terlebih dahulu, bagus tidak?

    terima kasih ^^

    • tips-bayi September 18, 2012 at 3:16 am #

      @ rina,

      Buah atau sayur dikukus lalu dilumatkan dan dicampur ASI atau Sufor itu namanya PURE.. Memang sebaiknya untuk bayi yang pertama mendapatkan MPASI bagus diberi pure atau bubur susu..
      Jika sudah biasa tidak ada tanda alergi atau penolakan maka boleh diberi buah langsungyang dilumatkan.. ;-)

      Bubur susu dipanaskan setelah disimpan di kulkas..? Boleh saja..
      Anda bisa baca artikel pada link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

  43. evalina July 25, 2012 at 4:23 am #

    dear tipsbayi,

    help me please… bayi saya usia 6,5 bulan. sudah saya coba beri bubur instan tapi belum mau, jika disuapin seperti menelan sesuatu yang pahit. malah sekarang dia sama sekali tidak mau membuka mulutnya padahal dia lapar. bayi saya asi ekslusif 6 bulan, menurut saudara saya bayi tidak mau makanan padat karena sudah terlanjur enak dg asi, apa itu benar?
    oya, bayi saya memang belum menunjukkan tanda ketertarikan thdp makanan, apa ini hal yang wajar?
    apa yang harus saya lakukan?

    • tips-bayi August 23, 2012 at 2:30 am #

      @ evalina,

      WAJAR.. Anda bisa mencoba memberikan MPASI-nya lebih cair dan buatlah rasa MPASI-nya mirip atau tidak jauh dengan rasa ASI..
      Berikan secara bertahap agar bayi Anda tidak kaget.. ;-)

      Jangan hentikan pemberian ASI.. Jika bayi Anda monolak MPASI-nya, ganti dengan asupan ASI. Terus coba dengan sabar..

  44. mimi July 16, 2012 at 11:02 am #

    dear tips bayi…
    anak saya umur 6bulan & sedang dalam pengenalan MPASI nya…
    saya memakai tepung gasol untuk bubur nya, tapi dia tidak doyan sama sekali. saya sudah berusaha berbagai cara mulai dari menggani varian rasa nya, memberi tekstur yg encer, sampai agak kental, dicampur dgn asi atau buah2an yang ia suka semua nya tidak doyan kalau ada bubur nya.
    tetapi kalau makan buah buah, sayuran, & minum asi nya tidak ada masalah sama sekali..
    apa yang harus saya lakukan? apakah saya harus memaksa nya untuk makan bubur?
    terimakasih sebelum nya

    • tips-bayi July 19, 2012 at 6:05 am #

      @ mimi,

      Anda jangan khawatir.. masih dalam pengenalan.. Susui saja dengan ASI sambil sedikit-sedikit mengenalkan makanan barunya, bubur susu dengan rasa ASI yang pas.. Untuk mengenalkan makanan baru pada buah hati Anda, hendaknya rasa makanannya tidak jauh atau mirip dengan makanan sebelumnya.. Jadi berikan campuran ASI-nya lebih banyak dari sebelumnya..;-)

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Anda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan.. ;-)
      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

      Jangan dipaksa .. Tapi buat porsi – porsi kecil dulu dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

  45. mimi July 13, 2012 at 5:25 am #

    dear tips bayi…
    anak saya umur 6bulan & sedang dalam pengenalan MPASI nya…
    saya memakai tepung gasol untuk bubur nya, tapi dia tidak doyan sama sekali. saya sudah berusaha berbagai cara mulai dari menggani varian rasa nya, memberi tekstur yg encer, sampai agak kental, dicampur dgn asi atau buah2an yang ia suka semua nya tidak doyan kalau ada bubur nya.
    tetapi kalau makan buah buah, sayuran, & minum asi nya tidak ada masalah sama sekali..
    apa yang harus saya lakukan? apakah saya harus memaksa nya untuk makan bubur?
    terimakasih sebelum nya

  46. ANINDYA July 5, 2012 at 9:47 am #

    sore bu..
    Bu, anakku skr 5,5 bln pake asi eksklusif.wktu umur 4 bln BBnya 6.6 dan ternyata di bulan ke 5 hanya naik 1 ons.saya khawatir bu,apakah pemberian asi saya kurang?karna yg pernah sy baca kenaikan BB asi eksklusif pada bulan ke 5 dst sekitar 200-300gr.Saya ibu bekerja jd yg diberikan pd anak saya itu asip.dalam sehari sy menghasilkan asip krg lbh 300-350 ml/per hari.
    Mohon pencerahannya.terima kasih

    • tips-bayi July 8, 2012 at 8:16 am #

      @ ANINDYA,

      Sore.., BB bayi Anda saat usia 4 bulan bagus.. lebih 3 ons dari ideal. Ketika usia 5 bulan berarti BB bayi Anda 6,7 kg? Itu masih NORMAL karena masih 95% BB normal untuk bayi Indonesia. Meskipun kenaikannya cuma 1 ons, karena naik turun BB bayi itu biasa..

      Bagus sekali Anda masih mempertahan pemberian ASI pada bayi Anda. Berikan ASI sesuai permintaan dan kebutuhan bayi Anda meskipun diluar jadwal makan atau minumnya. Anda bisa menjadikan ASI sebagai susu campuran MPASI-nya, selain bagus untuk menunya juga bagus untuk produktifitas ASI Anda.. ;-)

      Ingat.. produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Yang tidak kalah pentingnya : Anda harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun… ;-)

  47. ana June 28, 2012 at 1:53 pm #

    oia, BB Lio 7,5kg panjang 65cm. apakah ini normal?

    • tips-bayi July 7, 2012 at 5:51 am #

      @ ana,

      BB lio bagus.. IDEAL dengan usia dan PB-nya.. :-)

  48. ana June 28, 2012 at 1:06 pm #

    dear Tips Bayi, saya ibu bekerja. tiap hari bayi, namanya Lio, saya tinggal dr jam 7 pagi s/d 7 malam. skg usianya 6 bln. skitar jam stgh7 pagi saya beri mpasi bubur beras saring dicampur sayur+ASI. selama saya tinggal, lio makan buah jam 1 siang dan bubur beras saring jam 4 sore. asupan ASI kira2 350ml selama saya tinggal. apakah ini sudah cukup? oia, sudah 3 hari Lio blm pup. Pdhl saya beri sayur bayam, apel, dan pepaya. kenapa ya? apa tanda Lio butuh bantuan pencahar? thank uu, Tips Bayii :)

    • tips-bayi July 6, 2012 at 4:45 am #

      @ ana,

      Untuk tahap awal jadwalnya cukup.. Untuk nantinya bisa ditambah. Jadwal makan buah bisa maju ke pukul 10.00, siang sekitar pukul 12.00 Makan bubur, 14.00 Finger food rebusan sayur atau buah, Makan terakhir bisa diberikan satu atau satu setengah jam sebelum jadwal tidur. Untuk susu berikan sesuai permintaan atau di sela-sela waktu antara jadwal makan.

      Dengan memberikan finger food rebusan sayur maka bayi Anda akan terbiasa dengan rasa sayuran, sehingga ketika Anda memperkenalkan bubur yang dicampur sayuran akan terbiasa.. ;-)

      Pola BAB bayi belum tetap. Bisa sering atau jarang.. Seiring dengan bertambah usianya maka pola BAB bayi Anda akan terbentuk hingga jadwalnya akan terlihat.

      Jika bayi Anda tidak rewel atau tidak demam, Anda jangan khawatir.. bayi Anda NORMAL..

      Buatlah pola makan yang baik.. Perbanyak menu makanan yang mengandung serat. Pilihlah menu dengan buah dan sayuran. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi Anda dianjurkan 5 porsi kecil setiap hari (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

      Anda juga bisa kunjungi : http://www.tipsbayi.com/resep-makanan-bayi-pepaya-saring.html

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan..

      Usaha lain yang bisa Anda lakukan apabila bayi Anda susah BAB..

      * Bantulah bayi Anda dengan melakukan olahraga kecil, dengan cara menekuk lutut bayi kearah perutnya secara lembut beberapa kali, yang akan membantu untuk mengeluarkan feses
      * Mandikan dengan air hangat.
      * Oleskan baby oil di daerah sekitar anus bayi.

      Jangan memberikan obat sembelit tanpa petunjuk dokter. Sebab, pencahar sebenarnya bukanlah obat sembelit, hanya untuk mengatasi sesaat saja. Penyebab bayi sembelit lah yang harus segera dilacak, agar tuntas menanggulanginya.

  49. ibu khansa June 28, 2012 at 8:49 am #

    Bayi sy umur 6bln 2 minggu..pas 6 bln sy uda mule kenalin MPASI.percobaan makan pertama lumayan 2-3 suap bubur susu..tp hr kedua ampe sekarang menolak makanan apa aja..baru disodorin sendok uda menggeleng,dan mulut kunci rapet banget,tangannya menangkis sendok n malah nangis…sari jeruk jg tdk masuk.dr sendok,botol,botol bersendok,sm sekali tidak mau.maunya hanya asi yg lgsg dr puting ibunya..asi perah yg disendok ato botol jg ga mau…mohon bantuannya..apakah cara pengenalan makan yg salah krn smpe skrg setiap jam makan selalu menolak.trims banget

    • tips-bayi July 7, 2012 at 5:32 am #

      @ ibu khansa,

      Hmm.. khansa demo ya..? :-)

      Anda jangan khawatir.. masih dalam pengenalan.. Susui saja dengan ASI sambil sedikit-sedikit mengenalkan makanan barunya, bubur susu dengan rasa ASI yang pas.. Untuk mengenalkan makanan baru pada buah hati Anda, hendaknya rasa makanannya tidak jauh atau mirip dengan makanan sebelumnya.. Jadi berikan campuran ASI-nya lebih banyak dari sebelumnya.. ;-)

  50. Rista June 27, 2012 at 6:30 am #

    Assalamualaikum tips bayi…
    Anak sy devara skr udah 6 bulan lebih…udh sy perkenalkan MPASI 1 minggu sebelum usianya 6bulan…
    pertama kali sy coba ma pisang aja.tp cm beberapa sendok udh krn baru perkenalan.
    trz skr sy kasih biskuit kl pagi sblm sy brkt kerja,trz siangnya dikasih pisang aja.
    adakah yg salah dgn pemberian MPASI sy ke anak sy???
    belum sy coba makan yg lainnya soalnya..
    trz kl misal sy mau ngasih tepung gasol apa boleh???
    MPASI apa yg harus sy berikan ke anak sy selanjutnya.dengan catatan anak sy ada alergi susu sapi.minumasi cm 3bln aja.trz sekarang sufornya disarankan dokter pake yg hypoalergenic..
    mohon pencerahannya…
    terimakasih…
    wassalam.wr.wb

    • tips-bayi July 6, 2012 at 11:45 pm #

      @ Rista,

      Wa’alaikumussalam..

      Anda tidak salah.. ;-)
      Benar, untuk makanan pertamanya sebaiknya bubur susu atau pure buatan Anda sendiri.. Usahakan rasanya tidak terlalu jauh dari rasa makanan pokok sebelumnya ASI..

      Bubur susu.. Anda bisa membuat bubur susu sendiri dari tepung beras putih/ merah.. (tepung gasol boleh)

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Anda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan.. ;-)
      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

      Cara membuat pure wortel/ kentang/ apel/ pisang, dll:

      1. Rebus atau kukus kentang atau wortel hingga empuk (apel dan pisang sebaiknya dikukus)
      2. Setelah empuk, angkat dan hancurkan menggunakan sendok atau garpu
      3. Campurkan ASI atau susu formula
      Jadi deeeeeeeh… ;-)

  51. dita April 23, 2012 at 7:58 am #

    anak ku dr bayi sudah mengenal sufor karna asi ku gak lancar,dan semenjak 2 bulan sdh tdk mengenal asi sama sekali,tapi minum sufor nya kuat banget,saya pernah konsultasi ke dokter utk nti MPASI sebaiknya mulai kapan,dokter bilang nti pas dy 4 bulan hrs sudah diberikan asupan,krn dy tdk asi,yg saya bingung dn blm yakin bnyk org2 sekitar saya blg mpasi sebaiknya pas 6bln,dan kalo pun emng hrs pas 4 bln,mpasi pertama apa yg mst saya berikan?

    • tips-bayi May 2, 2012 at 5:43 am #

      @ dita

      Bayi Anda sudah 4 bulan ya..? Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Untuk makanan pertamanya sebaiknya bubur susu atau pure buatan Anda sendiri.. Usahakan rasanya tidak terlalu jauh dari rasa makanan pokok sebelumnya ASI..

      Bubur susu.. Anda bisa membuat bubur susu sendiri dari tepung beras putih/ merah..

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Anda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan.. ;-)
      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

  52. Ummu Hannan February 22, 2012 at 1:31 am #

    Hai tipsbayi
    Anakku sudah mulai aku kasih mp asi, tapi kok setiap kali mau di suapin dia pasti memalingkan wajahnya ke belakang, lihat sendoknya sudah langsung di palingkan mukanya, terus aku paksa kasih, masuk sih walaupun hasilnya berantakan dan dia nangis, sih gimana ya mengatasinya? Apa mungkin dia belum mau makan selain asi ya? Jika dia seperti ini terus, lama kelamaan suami akan nyuruh ngasih mp asi yg instan, padahal aku nda mau. Begitu juga keluarga yg lain akan menyarankan hal yang sama. Aku khawatir banget. Oh Iya sebagai catatan mp asi nya aku bikin dari tepung gasol plus asi. Mohon pencerahannya. Jazakumulloh

    • tips-bayi February 27, 2012 at 2:49 am #

      @ Ummu Hannan,

      Hannan usia berapa ya..? Jika memang belum 6 bulan.. boleh Anda tunda dulu.. Tapi jika usia bayi Anda sudah 6 bulan, sebaiknya jangan Anda hentikan pemberiannya tapi jangan juga ada paksaan.. :-)

      Berikan dengan penuh kesabaran dan ketelatenan.. buatlah makanannya dengan rasa yang mendekati dengan makanan pokoknya ASI.. pertahankan terus pemberian ASI sampai 2 atau 2,5 tahun..

      Selain memberikan menu yang variatif, untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan anak Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi anak Anda..

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Anda akan berterima kasih suatu hari nanti ! ;-)

  53. Rasya Moms February 15, 2012 at 1:52 am #

    Pagi.., mau tanya.. anak saya skrg berusia 6,5 bln sdh mulai makan bubur susu/ jus buah/ sayuran.. tp kenapa ya anak saya tidak mau membuka mulutnya ketika dia tau mau makan? Saya sdh mencoba dg berbagai cara untuk membujuknya dan mencoba mengganti alat makannya (sendok/ mangkok/piring) bahkan sy jg mencoba dg botol yg ujungnya sendok dia tetap tdk mau membuka mulutnya. Apabila dia minum air putih (kl mau makan) dg gelas yg ujungnya spt dot tp bolongannya melebar, dia lsg maju menyambut gelasnya ttp bila dia sdh merasakan isinya bukan air putih (jus) dia lsg melepehnya. Mohon tipsnya agar anak sy mau membuka mulut agar bs makan.. Apakah akan bermasalah apabila sampai saat ini anak sy belum mau makan? Pdhl kl melihat org sedang makan sptnya dia ingin makan jg tp ketika disodorkan dia lsg menutup mulutnya rapat rapat. trims

    • tips-bayi February 23, 2012 at 3:22 am #

      @ Rasya Moms,

      Pemberian air putih ini merupakan insting langsung para orang tua untuk menghindari dehidrasi dan memang biasanya bayi suka sekali, tetapi terlalu banyak air dapat menganggu keseimbangan cairan dalam tubuh bayi. Susu (terutamaASI) merupakan cairan yang terbaik untuk tetap menjaga bayi yang belum banyak memakan makanan padat dari ancaman dehidrasi, bahkan untuk bayi dibawah 6 bulan jangan dberi minum air putih, meskipun anak Anda sudah lebih 7 bulan ada baiknya bayi Anda jangan diberi terlalu banyak air putih dulu, cukup diberikan untuk mendorong makanan saja, perbanyaklah ASI atau sufor.. ;-)

      Pertama-tama buatlah buburnya lebih cair, dan rasanya jangan terlalu jauh dengan makanan pokok sebelumnya yaitu rasa ASI. Maka berikan campuran ASI-nya pada makanan bayi Anda lebih banyak dari biasanya..

      Selain memberikan menu yang variatif, untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan anak Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi anak Anda..

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Anda akan berterima kasih suatu hari nanti ! ;-)

  54. puput February 14, 2012 at 5:22 am #

    assalammualaikum tips…
    aku ibu muda niy, aku sekarang pny baby 2 bulan dan masih memberikan ASI ekslusif. yang aku tanyakan ke tips : setelah anakku berumur >6bln apakah pemberian sufor nya untuk yg berumur 0-6 bln atau sufor yang sesuai umurnya 6 bln keatas?

    • tips-bayi February 23, 2012 at 3:03 am #

      @ puput,

      Wa’alaikumussalam..
      Sufor untuk yang 6 bulan keatas.. Tapi kenapa Anda melirik SUFOR..? ;-)
      ASI Anda masih berlimpah kan..?
      Meskipun susu formula terlihat bisa mengganti ASI, akan tetapi Susu terbaik untuk bayi Adalah ASI.. Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

      Dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

      Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

      ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

      Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

      Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

      Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

      Anda bisa baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

      Anda bekerja..? Sebenarnya Anda masih bisa memberikan ASI saja tanpa sufor meskipun Anda sibuk bekerja di luar rumah.. Anda bisa memerah/ memompa ASI Anda ketika Anda sedang dirumah, simpan ASI perahan pada botol di lemari es atau freezer, berikan ASI tersebut pada bayi Anda oleh anggota keluarga yang lain ketika Anda tidak sedang dirumah. Jangan lupa hangatkan terlebih dahulu ASI tersebut, dengan cara merendamnya di wadah yang berisi air panas..

      Jika ASI Anda kurang.. Susukan saja terus atau dipompa.. ! Ingat.. produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Yang tidak kalah pentingnya : Anda harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun… ;-)

  55. Umu Hannan February 10, 2012 at 4:06 am #

    Terimakasih sudah menjawab pertanyaan saya, Alhamdulilah, akhirnya saya pertahankan asi eksklusif sampai sekarang, insya ALLOH Hannan mau mulai di kasih bubur susu sebagai mp asi nya besok tgl 15 bulan ini, rencana sih mau tek kasih tepung gasol beras coklat sebagai bahan dasar, karena baru perkenalan rencana cuma itu saja selama 3 atau 4 hari. Dan sekali dalam sehari. Apa itu baik ya, kalo Iya baiknya di kasih kan sekitar jam berapa? Pagi, siang, atau sorekah? Kalau itu tidak baik, lalu seperti apa baiknya? Terimakasih sebelumnya. Saran dan nasihat nya sangat bermanfaat bagi kami, yg merupakan ibu baru. Apalagi di tempat lingkungan saya tinggal, sulit sekali untuk mencari ref yg pas untuk tumbuh kembang bayi yang baik. Karena kebanyakan mereka masih mengandalkan katanya orang tua gitu. . . Jadi terimakasih banyak atas setiap tips yg ada di situs ini.

    • tips-bayi February 16, 2012 at 2:32 am #

      @ Umu Hannan,

      Wah kemarin Hannan sudah mulai makan ya..? ;-)

      Benar.. bagus sekali dicoba seperti itu. Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari diberikan 1 kali pada pagi hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dengan menambah porsi dan jadwalnya, dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Contoh Jadwal Makan dan Minum Susu Bayi USIA 6- 8 BULAN :

      05.00 – 06.00 ASI – SUSU 150-180 CC (lebih baik ASI)
      08.00 BUBUR SUSU 6-9 SENDOK MAKAN (SDM)
      11.00 JUICE ATAU BUAH 75-125 CC, 6-8 SDM
      13.00 NASI TIM SARING 6-8 SDM
      15.00 ASI- 150-180 CC
      16.00 BUBUR SUSU/ BISKUIT 1-3 KEPING
      18.00 BUBUR SUSU, USIA 7 BULAN DIGANTI NASI TIM SARING 6-8 SDM
      21.00 – 22.00 ASI 150-180 CC
      22.00 – 06.00 UNTUK BAYI YANG DIBERI SUFOR : BILA BERAT BADAN NORMAL DAN JUMLAH MINUM SUSU SIANG HARI BANYAK (120-180) CC TIAP MNUM) SEBAIKNYA MALAM HARI TIDAK MINUM SUSU BILA BERAT BADAN KURANG, MINUM SUSU SIANG SEDIKIT (120 CC TIAP MINUM SUSU), DIANJURKAN MINUM SUSU MALAM HARI 2-3 KALI.. ;-)

  56. Faiza February 10, 2012 at 2:23 am #

    Dear tips bayi. saya adalah seorang ibu dari putra tersayang yang bernama al – chaidar. Sekarang dia berusia 6.5 bulan, dan sudah saya mulai perkenalkan MPASI. akan tetapi sulitnya minta ampun. Setiap saya mau supin pasti anknya meronta – ronta dan nagis sampai keringat penuh. menurut tips bayi apakah diberhentikan dulu pengenalan MPASI ini?tq

    • tips-bayi February 15, 2012 at 3:45 am #

      @ Faiza,

      Usia segitu sebaiknya jangan Anda hentikan pemberiannya tapi jangan juga ada paksaan.. :-)

      Berikan dengan penuh kesabaran dan ketelatenan.. buatlah makanannya dengan rasa yang mendekati dengan makanan pokoknya ASI.. pertahankan terus pemberian ASI sampai 2 atau 2,5 tahun..

      Selain memberikan menu yang variatif, untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan anak Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi anak Anda..

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Anda akan berterima kasih suatu hari nanti ! ;-)

  57. yanti February 8, 2012 at 11:23 pm #

    makasih ya tips,,,,,
    akan aq coba tuh,,,

    • tips-bayi February 10, 2012 at 3:13 am #

      @ yanti,

      Sama-sama.. dan selamat mencoba. ;-)

  58. ning February 7, 2012 at 11:01 am #

    tips,minta resep buat 6+ dong

  59. ning February 6, 2012 at 11:09 am #

    tips bayi mau nanya,ank q di ksh bubur susu beras merah kok pupnya mencret y?br prkenalan jd teksturnya cair.ank q mpasi 6m krng seminggu,pas umr 5m 14w BBnya 8,4.

    • tips-bayi February 10, 2012 at 3:02 am #

      @ ning,

      Bagus sekali Anda memberikan Dina MPASI buatan sendiri. Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Feses encer tapi tidak demam atau rewel..? Jika tidak, Anda jangan khawatir.. Susui saja terus, bisa juga Anda berikan pure pisang agar fesesnya tidak encer..

      Bayi Anda berusia 6 bulan, Insya Allah sudah siap kok..

      Pola BAB bayi belum tetap. Bisa sering atau jarang.. Seiring dengan bertambah usianya maka pola BAB bayi Anda akan terbentuk hingga jadwalnya akan terlihat.. Untuk frekuensi BAB, prinsip sederhananya “pengeluaran bagaimana pemasukan”

      Feses bayi memang umumnya tidak berbentuk, apalagi yang masih hanya mendapatkan ASI saja, bisa seperti pasta/krem, berbiji (seeded), dan bisa juga seperti mencret/cair..

  60. ning February 5, 2012 at 11:16 pm #

    tips bayi..aq mw nanya.anak q udh mpasi 6m krng seminggu coz anaknya udah kelaperan banget dr umr 5m.sebagai perkenalan aq kasih bubur susu beras merah dari gasol dgn tekstur encer tp kok pupnya mencret,aq udh kasih sampe 3hari tapi tetep pupnya mencret/disela2 makan dia pup.itu cocok apa ga y pake beras merah?apa pencernaanya blm siap mpasi?aq kasih puree pear kukus tp g bab.Tlng di jwb ya tips,mksiii…

    • tips-bayi February 10, 2012 at 2:58 am #

      @ ning,

      Bagus sekali Anda memberikan Dina MPASI buatan sendiri. Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Feses encer tapi tidak demam atau rewel..? Jika tidak, Anda jangan khawatir.. Susui saja terus, bisa juga Anda berikan pure pisang agar fesesnya tidak encer..

      Bayi Anda berusia 6 bulan, Insya Allah sudah siap kok.. ;-)

      Pola BAB bayi belum tetap. Bisa sering atau jarang.. Seiring dengan bertambah usianya maka pola BAB bayi Anda akan terbentuk hingga jadwalnya akan terlihat.. Untuk frekuensi BAB, prinsip sederhananya “pengeluaran bagaimana pemasukan”

      Feses bayi memang umumnya tidak berbentuk, apalagi yang masih hanya mendapatkan ASI saja, bisa seperti pasta/krem, berbiji (seeded), dan bisa juga seperti mencret/cair..

  61. yanti February 3, 2012 at 6:44 am #

    tips…
    anakku shellum usia 6 bln BB 6.7kg panjang 69…bb lahir 3 kg panjang 47…

    normal kah tips… trus dia skrg dah mulai mpasi, saya kasi puree buah aja dlm 2 minggu ini… tapi BAB nya kok jadi warna aneh ya ssuai yg dia makan. padahal dulu wktu asi BAB nya selalu kuning cerah.

    kemarin saya kasi biskuit marie dicampur asi,,, dia malah mencret sampai BAB 3X.

    mohon saran nya tips… makasih…

    • tips-bayi February 8, 2012 at 4:05 am #

      @ yanti,

      BB bayi Anda termasuk NORMAL.. karena termasuk 90% BB normal untuk bayi Indonesia meskipun terlihat kecil. PB nya termasuk tinggi.. ;-)

      Pola BAB bayi belum tetap. Bisa sering atau jarang.. Seiring dengan bertambah usianya maka pola BAB bayi Anda akan terbentuk hingga jadwalnya akan terlihat.. Untuk frekuensi BAB, prinsip sederhananya “pengeluaran bagaimana pemasukan” ;-)

      Bisa Anda coba dengan bahan dasar lainnya. Bubur susu dari tepung beras misalnya..

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

  62. ummu aisyah February 3, 2012 at 3:58 am #

    kalau anak saya usia 5 bulan sudah saya berikan MPASI..bagaimana tips?

    • tips-bayi February 7, 2012 at 4:07 am #

      @ ummu aisyah,

      Usia 5 bulan sudah cukup untuk diberi MPASI.. ;-)

      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Jika setiap kali Anda mencoba menyuapkan makanan kepada si kecil dan lidahnya terus mendorong makanan tersebut keluar, berarti dia belum siap diberi MPASI. Kalau begitu, jangan dipaksa… ;-)

      Ada baiknya Anda bisa baca link terkait berikut:

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

  63. audyy January 27, 2012 at 4:32 pm #

    Dokk ,, ada yg mauu saya tanyakan lagi ..
    Tpi maaff kalau agak menyimpang dari pembahasan …
    :D ??????«{^?^}»??????:D.

    Yg saya mauu tanyakan ,,
    Apa benar ya dok ,,
    Kalau pemakaian kipas angin pada bayi ,,
    Dapat mengakibatkan penyakit paru paru ??
    Terus apa efek samping serta berguna kah pemakaian kipas angin
    Tersebut ????

    Mohon pencerahannya lg dok ,,
    Terimakasih

    • tips-bayi February 3, 2012 at 3:18 am #

      @ audyy,

      Penyakit paru-paru itu macam-macam.. ;-)

      Tidak apa-apa Anda gunakan kipas angin atau AC, asalkan diperhatikan agar bayi Anda tidak terkena hembusan langsung kipas angin atau AC yang sedang dipasang.

      Selain itu, sebaiknya Anda memperhatikan juga kebersihan AC maupun kipas angin dengan membersihkannya secara teratur. Sebab, kotoran atau debu dari kipas atau AC itulah justru yang menyebabkan tidak sehat.. ;-)

      Ya jelas lebih baik tanpa AC.. alami, maka buatlah fentilasi ruangan sebaik mungkin. Akan tetapi boleh-boleh saja sesekali bayi Anda berada dlam ruangan ber-AC. Dapat diatur dengan suhu antara 25-26 derajat celcius.., Sebab, bayi yang menghirup udara terlalu dingin lebih mudah mengalami iritasi atau penurunan saluran pernapasan atas. Hindarkan barang-barang yang berbau menyengat dalam ruangan ber-AC, Suhu tubuh bayi harus selalu dalam kisaran 36,5º – 37,5ºC. jaga jangan sampai suhu ruangan terlalu dingin, antara 27º – 28ºC..

  64. Umi Hannan January 26, 2012 at 2:38 am #

    Dear tipsbayi Bayiku sekarang usia 5 bulan 12 hari, apa sudah bisa di kasih mp asi? Penginnya sih genap 6 bulan. Tp rasanya tidak sabar ingin mencoba memberikan mp asi pada si kecil, kalau di lihat dari tanda2nya sih sepertinya dia sudah pengin makan selain asi. Bb nya sekarang 8,3 kg. Gimana ya baiknya. Thanks atas jawabannya.

    • tips-bayi February 3, 2012 at 2:34 am #

      @ Umi Hannan,

      Sepertinya jika melihat minat dan kesiapan Hannan insya Allah sudah siap tuh.. ;-)
      Tapi karena BB nya 8,3 ya..? Hmm.. Salah satu penyebab utama obesitas pada bayi adalah pemberian makanan sebelum usianya 6 bulan. Jadi, jika memang ASI Anda cukup, sebenarnya belum perlu memberinya makanan (MPASI) sebelum usia 6 bulan..

  65. audyy January 23, 2012 at 2:41 pm #

    Dok ,, kalau BAB nya yg 2 hari sekali ,,
    Atau 3 hari sekali itu masih normal kah ??

    • tips-bayi January 26, 2012 at 4:04 am #

      @ audyy,

      Hmm.. usia bayi Anda berapa bulan ya.. ?

      Bayi Anda tidak rewel atau demam kan..? Insya Allah Itu termasuk NORMAL.. Jika bayi Anda masih dalam periode ASI eksklusif -alias belum memperoleh asupan selain ASI- maka masih tergolong normal jika ia tidak BAB hingga 1 minggu. Bahkan terkadang setelah 1 minggu pun fesesnya sama sekali tidak keras..

      Semua nutrisi terserap oleh tubuh dan sisa makanannya hanya cairan yang keluar dengan pipis saja.. ;-)

      Ada baiknya Anda juga baca artikel berikut:

      http://www.tipsbayi.com/bayi-sembelit-susah-buang-air-besar-pada-bayi.html

      Pola BAB bayi belum tetap. Bisa sering atau jarang.. Seiring dengan bertambah usianya maka pola BAB bayi Anda akan terbentuk hingga jadwalnya akan terlihat.. Untuk frekuensi BAB, prinsip sederhananya “pengeluaran bagaimana pemasukan” ;-)

  66. nadila January 21, 2012 at 4:14 am #

    Ank saya tgl 25 januari ini 5 bulan…….ini ank q sdh malas minum sufor…….apakah bisa d beri mpasi……

    • tips-bayi January 23, 2012 at 2:21 am #

      @ nadila,

      Sepertinya bayi Anda sudah siap mendapat MPASI.. ;-)

      Banyak dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik.. ;-)

  67. Arlinsari January 20, 2012 at 8:23 am #

    berat badan yovan skrg 7.3 kg,….untuk bayi usia 5 bln apakah berat badan tersebut normal??? (berat badan wktu lahir 3.3 Kg)

    • tips-bayi January 21, 2012 at 3:35 am #

      @ Arlinsari,

      Hmm.. BB Yovan termasuk BB ideal untuk bayi usia 6 bulan.. ;-)
      Sepertinya Yovan tinggi ya..? atau Yovan sedikit gemukan.. tapi NORMAL kok..

    • tips-bayi January 21, 2012 at 3:23 am #

      @ opy_b4w3l,

      Wa’alaikumussalam..

      Selain tinggi protein, ikan memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat bagi pembentukan otak bayi. Ikan baik ikan air tawar maupun ikan laut seperti tuna, tengiri, makarel, dan kakap besar dapat diberikan kepada bayi Anda bila sudah berusia 9 bulan ke atas.. ;-)

      Ikan, terutama yang bertulang, dikenal sebagai pencetus alergi pada bayi. Bahkan seringkali dianjurkan untuk memberikan ikan hanya jika bayi berusia 1 tahun. Ada yang menyarankan untuk menunggu hingga usia 3 tahun. Namun ada juga yang menyatakan bahwa ikan aman dikonsumsi bayi berusia 9-10 bulan. Alasan lain menunda pemberian ikan pada bayi adalah kandungan merkuri yang mungkin terdapat pada ikan. Saat pertama kali mengenalkan ikan, penting untuk memilih tipe ikan berdaging putih. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter anak Anda sebelum Anda memberikan ikan, terutama kerang-kerangan..

      Jika sudah biasa tidak alergi bisa Anda lanjutkan.. Agar ikannya tidak terlalu amis, Anda sudah bisa membubuhkan bumbu masak alami pada makanannya.. Contoh bumbu alami adalah bawang bombai, bawang merah, bawang putih, bawang daun, seledri, salam, serai, daun jeruk, kemangi, lengkuas, kunyit, kencur. Hanya saja untuk ini Anda perlu melihat dan menyesuaikan minat bayi Anda.. Pengolahannya bisa ditim, dipanggang, ditumis, atau dipepes..

      Kalaupun Anda membubuhi makanan bayi Anda dengan bumbu alami jangan sampai terlalu merubah rasa hingga bisa saja bayi Anda malah menolak makanannya..

      Untuk porsi berikan bertahap.. ;-)

  68. audyy January 18, 2012 at 7:57 am #

    Sekerdar tambahan ,, aku jga memberikan asiku ..
    Karena khawatir anakku kekurangan gizi .. Hhehhe

    Maklumlah baru pertama kali punya baby …

    Trimakasih
    Ditunggu pencerahannya

  69. Arlinsari January 18, 2012 at 7:51 am #

    Yovan sdh umur 4,5 bln dgn berat 7,3 kg…apakah berat badannya ideal untuk bayi seusia itu??? (berat wktu lahir 3,3 kg)

    • tips-bayi January 21, 2012 at 2:32 am #

      @ Arlinsari,

      BB ideal untuk bayi seusia Yovan 6,6 kg.. tinggi 63/64 cm, berarti Yovan termasuk tinggi atau agak gemukan.. tapi bagus lho sehat.. ;-)

  70. audyy January 18, 2012 at 5:45 am #

    Anak saya naraya ,, baru berusia 2 bulan 3 minggu ..
    Dari awal dia lahir sudah dibantu sufor (sari husada) karena asiku belum keluar ..
    Terus pada usia 40 hari fesesnya anakku ko berubah warna ya ??
    Dari kuning menjadi hijau serta berminyak ,
    persis banget seperti margarin.
    Kemudian 3 minggu yg lalu aku ganti sufornya ke sufof (wyetth) ,
    Dengan maksud agar fesesnya ga berubah lgi ..
    Dan hasil fesesnya itu sudah membaik ..
    Tpi baru2 ini tiap kali mauu BAB ,, dia selalu nangis ..
    Padahal kalo dulu ga pernah nangis kalo mauu BAB ..
    Dan jadi 2 hari sekali BAB nya …
    Setelah di berikan mpasi oleh nenenya ..
    Yang ingin saya tanyakan ,,
    Dari kejadian diatas apakah ada pengaruh dari penggantian sufornya ,,
    Atau pemberian mpasinya ..

    Mohon pencerahannya ..
    Terimakasih

    • tips-bayi January 21, 2012 at 2:11 am #

      @ audyy,

      BAB-nya sudah tidak hijau lagi ya.. bagus lah.. BAB hijau masih normal tetapi tidak boleh terus-menerus muncul seperti itu, berarti makanan atau sufor yang bayi Anda konsumsi mempunyai kandungan gula & laktosa tinggi tapi rendah lemak.. Atau bila bayi disusui ASI berarti cara ibu memberikan ASI kurang tepat/belum benar (yang terhisap oleh bayi hanya foremik saja, dimana sibayi selalu mengisap ASI depan terlebih dahulu yang mempunyai kandungan gula & laktosa tapi rendah lemak yang membuat bayi cepat lapar kembali & ASI belakang yang mengandung banyak lemak akan terhisap setelah foremik habis, padahal hidmik (ASI belakang) inilah yang membuat feses bayi menjadi kuning.. ;-)

      Bagus sekali Anda masih memberikan ASI pada Naraya.. Pertahankanlah pemberian ASI-nya..
      Meskipun susu formula terlihat bisa mengganti ASI, akan tetapi Susu terbaik untuk bayi Adalah ASI.. Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

      Dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

      Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

      ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

      Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

      Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

      Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

      Anda bisa baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

      ASI Anda kurang..? Susukan saja terus atau dipompa.. ! Ingat.. produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Yang tidak kalah pentingnya : Anda harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun…

      Biasanya apabila setelah bayi Anda mendapatkan MPASI, frekuensi BAB bayi Anda bertambah atau berbeda dengan sebelumnya… Pola BAB bayi belum tetap. Bisa sering atau jarang.. Seiring dengan bertambah usianya maka pola BAB bayi Anda akan terbentuk hingga jadwalnya akan terlihat.. Untuk frekuensi BAB, prinsip sederhananya “pengeluaran bagaimana pemasukan”

      Pemberian sufor dan MPASI sangat berpengaruh terhadap BAB Naraya.. Selain membuat pola makan yang baik.. Perbanyak juga menu makanan yang mengandung serat. Pilihlah menu dengan buah dan sayuran. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi Anda dianjurkan 5 porsi kecil setiap hari (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah.. ;-)

      Buat jawdal makan buah yang tetap setiap hari, bisa satu atau dua kali..

  71. wilmiana January 18, 2012 at 5:15 am #

    alhamdulillah..makasih banyak y tips ats penjelasannya..insyAllah bermanfaat bgt utk sy yg new mom :)

    • tips-bayi January 20, 2012 at 3:41 am #

      @ wilmiana,

      Insya Allah.. sama-sama.. ;-)

  72. indah January 15, 2012 at 2:26 pm #

    anak saya sdh 6,5bln. Alhamdulillah full asi mpe 6ln. N skrg masih asi & br mencoba MPAsi. Bubur n buah yg dsajikandgn sendok tiap kali disuapin sll mulutnya ditutup. Tp kl jus lwt dot mau.Kl anak saya blm siap dg MPAsi kr2 terutama yg dsajikan dgn sendok dampak buruknya apa? Apakah hrs dcoba terus tiap hari n brp kali sehari? Terima kasih.

    • tips-bayi January 18, 2012 at 4:33 am #

      @ indah,

      Hmm.. perlu kesabaran memang.. ;-)

      Bayi Anda sudah seneng jus kan..? Coba sajikan dengan dot berbentuk sendok depannya.. maka dengan begini Insya Allah bayi Anda akan cepat terbiasa..

      Ya benar.. harus tetap dicoba setiap hari.. tapi jangan dipaksa.. :-)

      Jangan berhenti memberikan ASI..

  73. Arlinsari January 14, 2012 at 2:39 am #

    Dear Tips bayi….

    Bayi saya, Yovan, umur 4.5 bulan…sejak umur 3 bulan dia sering nangis dan tidur tdk pulas, tiap jam harus di beri susu.akhirnya umur 4 bulan sy sdh memberinya MPASI…..awalnya sy beri bubur beras merah yang encer..Stelah sy beri MPASI yovan sdh jarang nangis, tdurnya pun mlai pulas…

    Apa efek samping jika bayi di beri MPASI sebelum umur 6 bulan????

    Thks

    • tips-bayi January 18, 2012 at 3:58 am #

      @ Arlinsari,

      Hmm.. Efeknya Yovan lelap tidurnya.. ;-)

      Yovan beratnya tidak lebih kan..?
      Salah satu penyebab utama obesitas pada bayi adalah pemberian makanan sebelum usianya 6 bulan. Jadi, jika memang ASI Anda cukup, sebenarnya belum perlu memberinya makanan (MPASI) sebelum usia 6 bulan..

      Banyak dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik..

      Jadi, jika yovan tidak gemuk dan sudah terlihat ada tanda-tanda diatas berarti oke-oke saja.. ;-)

  74. dewi January 12, 2012 at 2:18 am #

    anak sya..sudah usia 7 bln, tapi sulit banget makannya,,tiap kali dikasih makan sll menolak klpun mau,, hy satu atau dua sendok,,kemudian ingin muntah,,pdhal udah berusaha untuk saya buatkan bbr atau tim saring tapi tetap saja..gak mau..jdi samp sekarang hanya minum susu aja…bgmn baiknya….

    • tips-bayi January 13, 2012 at 3:32 am #

      @ dewi,

      Buatlah makanannya berawal dari encer.. dan rubahlah secara bertahap perlahan ke arah kental lalu ke arah padat.. perubahan tekstur dan porsi dengan bertahap..

      Paling baik jadikan ASI sebagai campurannya, campurkan ASI atau sufornya agak banyak agar rasanya tidak jauh dengan rasa makanan pokok sebelumnya, yaitu rasa ASI atau sufor.. ;-)

  75. andrea January 6, 2012 at 1:58 pm #

    dear tips bayi.. setau saya kok produk susu dan turunannya seperti keju baru boleh diberikan mulai umur 9 bulan ya?mohon penjelasannya karna di resep tips bayi untuk usia mulai 6 bulan sudah ada penggunaan kejunya

    • tips-bayi January 9, 2012 at 3:15 am #

      @ andrea,

      Benar.. ada yang berpendapat seperti itu.. ;-)

      Jenis keju yang boleh diberikan pada bayi kita adalah cheddar, parmesan dan mozarella, dan memang ada juga keju yang dibuat khusus untuk bayi yang taste nya tidak terlalu kuat..

      Untuk lebih mengetahui bagaimana pemberian keju untuk bayi, maka Anda bisa membaca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/pemberian-keju-untuk-bayi-boleh-tidak.html

      Semoga bermanfaat.. ;-)

  76. nia December 20, 2011 at 5:35 am #

    dear tips
    salam kenal ya, anak saya sekarang berusia 6 bl kurang 3 hari, dan BB 5.7kg sama seperti bulan kemarin jadi untuk bulan ini BB nya tidak naik, yang saya mau tanyakan normal ga seh? dan gara2 BB tdk naik orang tua saya menyuruh untuk di kasih mkn walaupun kurang 3 hari lagi, saya bingung apakah sudah boleh saya beri mkn padahal saya mau pas 6bl. saat ini anak saya sudah tertarik dengan orang yg sedang mkn dan kadang mulut nya suka mengecap2. mohon dong pendapatnya apa yang harus saya lakukan,

    trims

    • tips-bayi December 24, 2011 at 2:08 am #

      @ nia,

      BB bayi Anda masih tergolong normal, karena masih 70% BB normal untuk bayi Indonesia. Meskipun terlihat kecil.. ;-)

      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik..

      Sepertinya memang bayi Anda sudah siap kok.. ;-)

      Untuk makanan pertamanya sebaiknya bubur susu atau pure..

      Bubur susu.. Anda bisa membuat bubur susu sendiri dari tepung beras putih/ merah..

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      2. Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      3. Tentu bisa Anda aplikasikan.. hanya saja untuk tekstur yaitu campuran ASI/ sufornya harus Anda sesuaikan.. Buatlah rasanya semirip mungkin dengan makanan pokoknya yaitu ASI.

    • tips-bayi December 24, 2011 at 3:35 am #

      @ nia,

      BB bayi Anda masih tergolong normal, karena masih 70% BB normal untuk bayi Indonesia. Meskipun terlihat kecil..

      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik..

      Sepertinya memang bayi Anda sudah siap kok..

      Untuk makanan pertamanya sebaiknya bubur susu atau pure..

      Bubur susu.. Anda bisa membuat bubur susu sendiri dari tepung beras putih/ merah..

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      2. Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      3. Tentu bisa Anda aplikasikan.. hanya saja untuk tekstur yaitu campuran ASI/ sufornya harus Anda sesuaikan.. Buatlah rasanya semirip mungkin dengan makanan pokoknya yaitu ASI.

  77. hera December 11, 2011 at 3:48 pm #

    hai tips bayi, anak saya umurnya 6 bln 5 hr yg mw sy tanyakan d’umur 4 1/2 bln sy uda kasi mpasi yaitu biskuit milna + sufor bab nya masi encer ( normal 2-3 kali 1 hari) tp stlh sy kasi mpasi di umur 6 bln pas yaitu bubur putih ( beras dimasak sampai bubur) + sufor kok bab nya jd agak keras ya trus itu 1 hr cm 1 kali itupun sdkit. apakah itu masi wajar trus lebih bagus mn tepung beras atw beras dimasak sampai jd bubur trus d’blender dan disaring…..terimakasih
    maaf ada lg yg sy dgr dr org2 yg sdh pengalaman sblm kita memberi mpasi pakai sayuran atw buah seharusnya kita kasi mpasinya bubur susu tanpa sayuran dl baru mpasi pakai sayuran, apakah itu benar ? dan klw benar jangka waktu pemberian bubur susu tanpa sayuran ke bubur susu pakai sayuran itu brp lm ya?? maaf ya pertanyaannya banyak…. terimakasih

    • tips-bayi December 20, 2011 at 2:23 am #

      @ hera,

      Wajar apabila setelah bayi Anda mendapatkan MPASI, frekuensi BAB bayi Anda bertambah atau berbeda dengan sebelumnya. Pola BAB bayi belum tetap. Bisa sering atau jarang.. Seiring dengan bertambah usianya maka pola BAB bayi Anda akan terbentuk hingga jadwalnya akan terlihat.. Untuk frekuensi BAB, prinsip sederhananya “pengeluaran bagaimana pemasukan” ;-)

      Untuk bahan MPASI bagusnya diberikan bertrahap.. dari bubur susu tepung lalu selanjutnya bubur beras.. ;-)

      Untuk adaptasi makanan baru memang sebaiknya jangan diberikan campuran sayuran dulu agar kita lebih gampang melihat efek dari makanan barunya. Jika sudah sekitar 4 hari tidak ada efek negatif dari pemberian MPASI barunya, maka boleh dicampur dengan satu jenis sayuran. Perlu diperhatikan,untuk memperkenalkan jenis makanan baru pada bayi hendaknya jangan lebih dari satu macam..

  78. wati December 5, 2011 at 3:33 am #

    Dear Tips Bayi….,

    Anak saya sekarang berusia 5 bulan 10 hari, saat ini dy masih ASI, Namun akhir-akhir intensitas minum ASI banyak sekali & lebih mudah haus & sedikit agak rewel. Apakah itu tanda dy mulai lapar? kalo di beri MPASI sudah bisa belum yah?

    • tips-bayi December 16, 2011 at 2:55 am #

      @ wati,

      Ya.. sepertinya sudah mulai lapar tuh bu.. ;-)
      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik.. ;-)

      Sepertinya bayi Anda sudah siap bu.. Bismillah.. :-)

      Tapi tetap sebaiknya Anda mempertahankan pemberian ASI sampai bayi Anda berusia 2 atau 2,5 tahun..

  79. Juwita November 26, 2011 at 3:57 am #

    Dear tipsbayi, saya mau tanya. Bayi saya umur 7,5bln. Berat badan 9,3kg panjang 70cm. Sampai sekarang masih minum asi. Mmeenurut ddokter, anak saya alergi an. Bekas gigitan nyamuknya susaah hilang. Makannyaa disarankan hanya asi dan bubur susu insstan aja. Buah pun disaraanin jgn dikasikan dulu.
    Tiap hari saya hanya berikan bubur susu instaan 3x sehari sama asi aja. Kadang tambahin buah sekali (tidak menuruti dokteer).
    Pertanyaan saya :
    Betulkah ccara pemberian makan baayi saya?
    Apakah bubur susu instan bgs buat bayi? Ato bubur tim saring aabuatan sendiri aja?
    Buah termasuk mpasi wajib bagi bayi 7,5 bln?
    Bilamana asi dikatakan masih cukup atau kurang baggi bayi?kareena saya merasa asi saya sudah tidak sebanyaak dulu lagi.
    Kata kerabat, kalau ?å? hamil lagi, hentikan pemberian asi, supaya si calon bayi mendapatkan nutrisi yang cukup. Betulkah?
    Ditunggu yaa jawabannya… Thxx…

    • tips-bayi December 13, 2011 at 3:54 am #

      @ Juwita,

      BB bayi Anda bagus.. Hmm biasanya dokter menyarankan lebih baik MPASI-nya buatan sendiri.. Sebenarnya jangan Anda biasakan memberikan makanan instan. Apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet..

      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

      Buah sangat penting.. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi Anda dianjurkan 5 porsi kecil setiap hari (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

      ASI Anda kurang..? Susukan saja terus atau dipompa.. ! Ingat.. produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Yang tidak kalah pentingnya : Anda harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun…

      Meskipun susu formula terlihat bisa mengganti ASI, akan tetapi Susu terbaik untuk bayi Adalah ASI.. Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun.. ;-)

      Menyusui saat hamil..? Apabila kesehatan Anda baik-baik saja, tidak pusing dan lemas, atau tidak menunjukkan tanda malnutrisi lain, tidak ada salahnya untuk menyusui saat hamil. Meski ini bukan kondisi ideal untuk hamil.. :-)

      Yang penting jagalah nutrisi Anda atur juga waktu istirahat agar kondisi selalu fit.., sepanjang tidak terjadi kontraksi pada kandungan Anda itu baik-baik saja. Akan tetapi begitu ada tanda-tanda konstraksi harus dihentikan.

  80. Retha November 24, 2011 at 8:24 am #

    Allo tips bayi,
    Anak saya minggu depan genap 6 bln jadi waktunya MPASI (karena dia full ASI), yang mau saya tanyakan :
    1. Biskuit jenis/merek apa yang bagus untuk perkenalan MPASI awalnya?
    2. Untuk pergantian menu bagusnya setiap berapa hari?
    3. Jadwal pemberian MPASI untuk bayi 6-7 bulan diatas itu dapat diaplikasikan untuk awal pemberian MPASI?
    Ditunggu banget jawabannya ya Tips.

    Thanks be4 =)

    • tips-bayi December 12, 2011 at 2:50 am #

      @ Retha,

      1. Untuk merk mohon maaf kami tidak bisa menyebutkan di sini, dan alangkah baiknya juga jika Anda memberikan MPASI buatan Anda sendiri.. Anda bisa membuat bubur susu sendiri dari tepung beras putih/ merah.. ;-)

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      2. Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      3. Tentu bisa Anda aplikasikan.. hanya saja untuk tekstur yaitu campuran ASI/ sufornya harus Anda sesuaikan.. Buatlah rasanya semirip mungkin dengan makanan pokoknya yaitu ASI.

  81. emy kulsum November 15, 2011 at 10:28 am #

    hai tips bayi, bayi saya usia 5 bulan 2 minggu,sebentar lagi 6 bulan ,waktunya untukdi beri MPASI.pertanyaan saya adalah:

    1.apakah makanan MPASI buatan sendiri lebih baik dari MPSAI instan ?
    2.apakah setiap MPASI instan umumnya mengandung bahan pengawet atau zat
    kimia ?
    3.Bayi saya lahir prematur di usia dlm kandungan 7 bulan,apakah sistem penghitungan bulan dan pertumbuhan organ setelah dia lahir sama dengan bayi normal?
    krn hampir usia 6 bulan tetapi kepala belum tegak dengan kuat

    trimakasih

    • tips-bayi December 6, 2011 at 2:41 am #

      @ emy kulsum,

      Benar.. bayi Anda sudah waktunya diberi MPASI.. ;-)

      1. MPASI buatan sendiri jelas lebih baik.. Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

      2. Ya.. ;-)

      3. Anda jangan khawatir.. Insya Allah.. Perbedaan perkembangan bayi lahir prematur dengan yang lahir normal hanya beberapa bulan.. Insya Allah nantinya bayi Anda akan tumbuh seperti bayi yang lahir normal..

      Tidak ada tabel atau ketentuan perkembangan “rata-rata” untuk bayi prematur. Tapi, bayi prematur tidak selalu menghadapi masalah perkembangan dalam waktu lama. Ingatlah bahwa bayi normal pun mencapai perkembangan pesatnya pada waktu yang berlainan tidak akan sama kok.. ;-)

  82. nurul ayda October 25, 2011 at 3:11 am #

    jangan mengenalkan buah mangga pada bayi 7 bulan karena anak saya berakhir d rumah sakit gara gara buah itu jangan mengenalkan buah yang asam juga

    • tips-bayi December 1, 2011 at 3:31 am #

      @ nurul ayda,

      Benar.. jangan berikan bayi Anda buah yang rasanya masam.. :-(

      Anda bisa memberikan buah-buahan yang rasanya manis, teksturnya lembut dan baunya tidak terlalu menyengat.. Dan ingat.. bertahap.. ;-)

  83. Mama Kenzie October 20, 2011 at 2:01 am #

    Dear Tips bayi, saya mau nanya, putra saya umurnya 6 bln 2 minggu, baru dikenalkan MPASI sejak umur 6 bln, sbg makanan awal sy kenalkan dia dgn Bubur susu yg dibuat tepung beras merah, kadang dicampur pepaya ato jeruk.., Masalahnya ternyata dia hanya menyukai makanan itu, jika saya beri bubur yang divariasikan dengan kentang ato tepung kacang hijau dia selalu muntah. Bagaimana mengatasi hal ini. Trims

    • tipsbayi November 25, 2011 at 2:58 am #

      @ Mama Kenzie,

      Itu biasa.. terkadang seperti itu.. Anda jangan terlalu khawatir karena bayi Anda masih dalam masa adaptasi makanan barunya, teruskan saja Anda memberikan menu biasa sambil bertahap sesekali Anda berikan makanan dari bahan dasar yang sama tapi ditambahkan sedikit bahan lain dengan Anda buat terpisah..

      Atau juga Anda berikan camilan makanan lain diluar jadwal makan utama, misalkan dijadwal makan buahnya.. agar bayi Anda terbiasa dengan makanan rasa lain.. ;-)

  84. isna October 15, 2011 at 12:24 pm #

    hai tips bayi,
    anak sya usia 6 bln..bila dia selesai di kasih sufor dia keringatan banget,,, kata orang kalo keringatan itu sehat tp anak saya berlebih..itu gimana ya,,nda papa kan..

    • tipsbayi November 17, 2011 at 2:48 am #

      @ isna,

      Sebenarnya banyak berkeringat merupakan pertanda baik karena berarti kelenjar keringat berfungsi sempurna. Pengeluaran keringat merupakan proses sekresi atau pembuangan sisa-sisa garam dan juga racun dari dalam tubuh.

      Seberapa banyak pun keringat bayi yang keluar sebenarnya normal saja sepanjang bayi tidak terganggu oleh keringatnya. Masih dikatakan wajar bila bayi tidak rewel, selera makannya tetap oke, porsi tidurnya cukup, dan pertumbuhannya tidak terganggu… ;-)

      Keringat perlu diwaspadai sebagai pertanda gangguan kesehatan jika dibarengi dengan keluhan lain semisal mendadak rewel, tak mau makan/minum/menyusu, susah tidur, lemah, dan sebagainya.

  85. tipsbayi October 1, 2011 at 9:29 am #

    @maria devi,
    Sebelum usianya 6 bulan, jangan dberi MPASI dulu, alasannya sudah jelas.

    @nyimas,
    Biasanya begitu. Baca juga: http://www.tipsbayi.com/gigi-bayi-anda-muncul-jangan-khawatir.html

  86. nyimas maria September 30, 2011 at 4:44 am #

    pagi,,,saya mau nanya mbak,,,apa bayi setiap mau tumbuh gigi akan disertai dengan demam dan bagaimana cara mengatasinya,,terima kasi

  87. maria devi September 28, 2011 at 7:59 am #

    Hai tips bayi,bayi saya baru menginjak 4 bulan,dia sekarang sering mengisap jari2 nya,dan tidur siangnya kurang atau cepat terbangun,apakah itu tanda-tanda lapar dan perlu makanan tambahan? saya agak bingung karena mertua bilang itu artinya bayi itu lapar dan tidak cukup hanya diberi ASI. Apakah benar begitu??

  88. tipsbayi September 15, 2011 at 9:26 am #

    @ irma,

    Di artikel sudah ada tuh contohnya. Lihat juga:http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

  89. Irma Maysaroh September 14, 2011 at 11:06 pm #

    Asw..
    Tips, terima kasih atas jawabannya,ilmu baru bagi saya.
    Ada pertanyaan kembali: saya setuju dengan pendapat tips bahwa membuat makanan sendiri untuk bayi kita itu lebih banyak keuntungannya dibandingkan makanan bayi buatan pabrik.Akan tetapi, saya terkadang belum yakin membuatnya, ada banyak kekhawatiran (maklum saya baru menjadi ibu, alias perdana,hee..),kalau kita melihat makanan bayi buatan pabrik untuk usia 6 bulan ke atas ada banyak rasanya, ada ayam&sayur, buah-buahan,dsb.Lalu, jika kita ingin membuatnya sendiri, kira-kira apa saja jenis sayuran & lauk pauk serta buah-buahan yang dapat diberikan kepada kepada bayi usia 6 bulan+?
    Terima kasih.

  90. Irma Maysaroh September 12, 2011 at 11:08 am #

    Asw.tips baby…baby nayla,,sekarang usianya 6 bulan kurang 3 hari tapi sudah diberikan biskuit marie / biskuit milna untuk dipegang, dan nayla sangat menyukainya, malahan sering dimakan hampir seperempatnya…pertanyaannya, apakah hal ini tidak akan membawa hal buruk baginya?

    • tipsbayi September 13, 2011 at 2:08 am #

      @ Irma Maysaroh,

      Insya Allah tidak akan membawa buruk.. ;-)

      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Hanya saja.. Jangan Anda biasakan memberikan makanan instan. Apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet..

      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

  91. ferti September 4, 2011 at 5:22 am #

    halo tips
    saya pny baby usia 7 bln sdh mli mpasi
    apakah tepung beras gasol termsk makanan instan? takaran yg tepat untk msk bubur beras brrp sdk mkn? apkh berat 7.5kg dan pnjanh 66 cm untk bayi 7 bln termsk normal? trm ksh

    • tipsbayi September 13, 2011 at 2:00 am #

      @ ferti,

      Jika tepung gasolnya belum dicampur rasa lain dan pengawet, berarti masih asli bukan termasuk makanan instan.. berarti Anda harus mengolahnya kan..? ;-)

      BB dan PB bayi Anda masih di atas 90% BB dan PB normal untuk bayi Indonesia.

  92. Trias August 22, 2011 at 3:49 am #

    tps mohon jawabannya ya… tq

  93. Trias August 18, 2011 at 5:56 am #

    Hai tips,
    Ara 6,5 bulan BB 7,5kg dan sudah 3 minggu MPASI tapi kok tambah hari dia rasanya ga begitu suka dengan MPASInya ( saya berikan tepung GASOL beras merah, beras coklat, kacang hijau dan pisang), buburnya masih semi encer dan masih ASI, justru dia lebih suka dengan pepaya + pier yg disaring, saya belum memberikan variasi sayur lain karena takut dia tambah tdk mau…
    Mohon pencerahannya segera ya tips…

    Perkembangan yang lain Ara sangat malas klo tengkurap tp klo di dudukkan di booster dan dipangku sangat senang, bahkan akhir2 ini dia malah minta diberdirikan (tetap ditopang) bahkan posisi kakikany sudah kencang, apakah ini normal…?

    Makasih

    • tipsbayi August 24, 2011 at 2:18 am #

      @ Trias,

      Mohon maaf nih.. biasa sibuk, jadi agak telat.. ;-)

      Ara berkurang minat MPASInya..?
      Pertama.. buatlah makanan yang sederhana, maksudnya rasanya jangan terlalu rame atau terlalu banyak campuran.

      Kedua.. Ingatlah makanan pokoknya masih ASI.. jadi jika minat MPASInya berkurang maka imbangilah dengan pemberian ASInya, dan untuk rasa MPASInya pastikan jangan terlalu jauh dari rasa makanan pokoknya yaitu mirip-mirip rasa ASI..

      Ketiga.. Untuk melatih tengkurap, Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu ..

      Anda jangan khawatir.. Apabila sudah waktunya bayi Anda akan tengkurap juga, bahkan yakin deh tengkurap akan jadi posisi favorit bayi Anda.. Berdiri jika masih ditopang boleh saja.. ;-)

      Terlihat Ara tumbuh NORMAL, bahkan BB Ara termasuk ideal dengan usianya.. :-)

  94. susi August 14, 2011 at 5:30 pm #

    dear tips bayi, anakku yg kdua usianya 11bln lbh.sejak usia 9blnan sudah sangat menyukai air putih.awalnya tdk saya kasi, krn saya sdh dpt info dari DSA saya kalo air putih bisa mengakibatkan keracunan.sampai akhirnya diusia 9bln, dia sdh bisa makan dan diselingi air putih. sejak itu anak saya suka sekali. bahkan sekarang kalo mau tidur bisa menghabiskan sampai 2botol x @ 120 cc walo tidak sekaligus. saya ketakutan sendiri.karena yg memberikan adlh suami, pembantu dan org tua. sudah saya teriakin kalo jgn dikasi air putih terus krn saya takut akibatnya (kecuali kembung).bagaimana ini tips bayi? tolong penjelasannya…karena saya sungguh dihantui ketakutan akan akibatnya.krn katanya mempengaruhi aktifitas otaknya?

    • tipsbayi August 24, 2011 at 1:57 am #

      @ susi,

      Anda jangan khawatir dengan apa yang sudah terjadi.. Insya Allah tidak akan seburuk yang Anda bayangkan.. ;-)

      Pemberian air putih ini merupakan insting langsung para orang tua untuk menghindari dehidrasi dan biasanya bayi suka sekali, tetapi terlalu banyak air dapat menganggu keseimbangan cairan dalam tubuh bayi. Susu (terutama ASI) merupakan cairan yang terbaik untuk tetap menjaga bayi yang belum banyak memakan makanan padat dari ancaman dehidrasi, bahkan untuk bayi dibawah 6 bulan jangan dberi minum air putih, meskipun anak Anda 7 bulan ada baiknya bayi Anda jangan diberi terlalu banyak air putih dulu, cukup diberikan untuk mendorong makanan saja, perbanyaklah ASI atau sufor.. ;-)

  95. astri July 28, 2011 at 6:01 am #

    Hai tips bayi…, seneng banget deh bisa nemu web sebagus ini.., apalagi u/ new mom kaya saya…

    anakku sekarang sudah 51/2 bulan, aq pengennya sih pas dia MPASI nanti bisa kasih dia homemade gitu, mau dong kalo ada resep 2 bubur untuk anak 6 bulan dan yang baru first MPASI

    sekalian juga minta tipsnya gimana nyiapin MPASI u/ working mom, biar gak ngerepotin ibu dirumah, kalo masak make slow cooker tuh, emang lebih bagus ya, u/ kita2 yang working mom gini…

    makasih banyak bantuannya, saya tunggu resep2nya…. :)

  96. Hesty July 27, 2011 at 10:52 am #

    Halo tips bayi,

    Aku mau nanya dong. Sebentar lagi kan babyku mau MPASI, apakah benar kalo untuk pemberian sayuran jangan di campur dengan tepung berasnya supaya nanti anaknya doyan sayur? Anakku yang pertama memang tidak pernah aku campur sih, misalnya tepung beras sendiri, brokoli sendiri, wortel sendiri, jadi pas kasih makan bisa berkali2 nyaring untuk sayuran yang berbeda2. Lebih ribet sih, tapi tujuannya biar si anak tau rasa2 sayur gitu, bener nggak yah praktek kaya gini?

    • tipsbayi August 23, 2011 at 12:09 am #

      @ Hesty,

      Pemberian sayur pada bayi Anda boleh saja dicampur langsung dengan tepungnya, untuk memudahkan proses dan penyajiannya. Begitupun cara yang sudah Anda lakukan sudah bagus.. meskipun agak ribet, dengan dipisah seperti itu bahan makanan bayi Anda bisa tahan lebih lama lagi terutama untuk tepungnya, karena belum tercampur sayuran yang ketahanannya tidak terlalu lama.

      Jadi keduanya sama saja pengaruhnya dalam hal untuk membiasakan bayi Anda dengan rasa sayuran. Perlu diperhatikan untuk pemberian sayuran jangan dicampur-campur yang nantinya akan menghasilkan rasa yang aneh.. cukup satu kali makan dengan satu rasa sayuran, agar bayi Anda lebih enak merasakannya.. ;-)

      Ada baiknya Anda membaca artikel berikut juga:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

  97. talitha dhia June 30, 2011 at 8:47 am #

    apa ya merk biskuit buat baik yg paling baik :) besok anakku uda bisa makan

    • tipsbayi July 4, 2011 at 4:23 am #

      @ talitha dhia,

      Merk.. “Mama talitha dhia..” ;-)

      Bagus sekali jika Anda memberikan bayi Anda makanan buatan Anda sendiri.. Karena apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

  98. lisa June 20, 2011 at 6:25 am #

    Bayi ku skr udah 9 bulan, apakah boleh nasi tim nya di tambahkan ABON daging sapi? thanks.

    • tipsbayi July 4, 2011 at 4:21 am #

      @ lisa,

      Boleh.. Apalagi abon yang kwalitasnya bagus.. uenak tuh.. ;-)

  99. Katry June 19, 2011 at 9:45 am #

    Hai tips mau tanya,sebenarnya bubur susu itu harus diberikan gak sih?Karena anak sy yg 7bln,BB 9.1, sudah makan bubur blender (nasi,sayur,ikan) dan ASI.Makan dan minumnya kuat bgt.Sekali makan aja bisa 4-5 sendok.Kalau ga sy stop mungkin masi mangap terus.Asi jg masih sering.Buah juga 1x sehari.Kalau bubur susu kan dari beras+susu,sy rasa sudah terwakili.Tapi sy lihat dijadwal makan diatas kok ada bubur susu dan saring ya?

    • tipsbayi July 4, 2011 at 4:20 am #

      @ Katry,

      Benar.. Anda sudah memberikan bubur blender pada bayi Anda itu sama saja.. ;-)
      Nafsu makan bayi Anda bagus sekali ..

  100. yustia May 30, 2011 at 7:55 am #

    Tips makasih atas jawabannya. Alhamdulillah sekarang anakku sudah pandai berguling-guling dan giginya sudah muncul 2 di bawah. Untuk standar takaran makan bayi 7 bulan kata Tips kan 7 sendok makan, maksudnya sendok makan bayi atau sendok makan dewasa? Saya kalau bikin bubur bahannya 2 sendok makan penuh tepung beras,itu untuk 2 kali makan,apakah kurang? Saya tunggu jawabannya.

    Untuk ibu Ria, saya udah nemu biskuit bayi yang ga pake susu namanya Baby Choice,tapi cuma yang rasa ayam yang ga pake susu, kalau yang original ada susunya. Bisa dibeli di baby shop,kalau di swalayan biasa ga ada.

  101. Ria May 24, 2011 at 4:53 am #

    dear tips, anak saya mungkin sama dengan anak ibu yustia, dia alergi susu sapi, kata dokter, nanti usia 6 bulan sudah bisa dikasih bubur susu, dari beras merah sangat bagus katanya. kalo biskuit, semua jenis biskuit dikhawatirkan mengandung susu, jadi ga usah kasih aja. kalo saya perhatikan daftar jadwal makan di atas, kira2 biskuit digantiin menu apa ya, atau bubur susunya dibanyakin, anak saya 5 bulan hari ini, beratnya 6,9kg. tks.

    • tipsbayi July 4, 2011 at 4:12 am #

      @ Ria,

      Jadwal makan biskuit bisa diganti dengan bubur susu atau Anda bisa bikin biskuit sendiri, yang jika memerlukan susu sebagai campurannya maka Anda bisa pakai ASI sebagai campuran bahan biskuitnya.. ;-)

  102. yustia May 11, 2011 at 7:52 am #

    dear tips,makasih atas jawabannya yg lalu. Mau nanya lagi nih… Hari ini anakku genap 7 bulan, BB 9,3kg TB 69 cm. Anak saya baru bisa tengkurep telentang,itu pun jarang2 sepertinya malas. Kalau didudukan dia pegangan ke kakinya sehingga badannya membungkuk,apa itu tidak apa-apa? Untuk MPASInya sampai sekarang baru 1x sehari itupun masih harus encer. Kalau saya bikin lebih kental,dia spt mau muntah. Umur berapa buburnya boleh diberi garam,soalnya kalau hari sebelumnya diberi bubur biskuit atau pisang (yang ada rasanya) saat diberi bubur yg dibuat sendiri (saya pake resep dari tips) yang rasanya lebih hambar, makannya jadi agak mogok? Bagaimana solusinya? Berapa takaran yang tepat (berapa sendok)pemberian bubur utk sekali makan? saya tunggu jawabannya,terima kasih.

    • tipsbayi May 18, 2011 at 4:44 am #

      @ yustia,

      Untuk perkembangan kemampuannya Anda jangan khawatir, karena perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Faktor berat badan juga berpengaruh. BB bayi Anda termasuk agak besar.. ;-) Tapi perkembangannya sudah cukup baik.. NORMAL kok..

      Untuk melatih tengkurap, Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu ..

      Anda jangan khawatir.. Apabila sudah waktunya bayi Anda akan tengkurap juga, bahkan yakin deh tengkurap akan jadi posisi favorit bayi Anda.. ;-)

      Posisi duduk yang awal adalah dengan cara menyandarkan, selanjutnya biasanya bayi akan seperti itu.. posisi seperti itu tidak apa-apa..

      Untuk teksturnya jangan sampai perubahannya drastis dari lembut ke kasar.. Rubahlah secara perlahan.. Agar rasanya tidak terlalu jauh dari rasa makanan pokoknya yaitu ASI.. maka sebaiknya Anda campurkan juga ASI pada MPASI-nya..

      Natrium sudah mencukupi dari bukan garam dapur, tubuh memang membutuhkan mineral natrium yang dapat diperoleh dari garam dapur, namun tak perlu mengonsumsi khusus garam dapur jika natrium yang terkandung dalam bahan makanan alami sudah mencukupi.. Bayi Anda sudah berusia 1 tahun meskipun sudah boleh Anda membubuhkan garam pada makanannya tapi pemberiannya tidak boleh berlebihan.. ;-)

      Sebagai pengganti garam.. Anda bisa gunakan keju, Anda bisa mulai membubuhkan keju pada MPASI nya..

      Takaran makan standar.. 7 bulan 7 sendok makan, 8 bulan 8 sendok makan.. gampang kan.. ;-)

      Selain Anda harus selalu memvariasikan makanan bayi Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan.. ;-)

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda..

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun bayi Anda akan berterima kasih suatu hari nanti!

  103. mommy jasvind April 27, 2011 at 7:10 am #

    tips kok blm d jwb y?

  104. mommy jasvind April 24, 2011 at 5:30 am #

    hy tips
    aku mau tny lg ni
    baby ku 6bln blm bs tengkurap , knp y? Bb ny 8.7 ap pengaruh?
    Tp dy pinter bgt ngoceh loh,.skr kek mau tmbuh gg,ad tanda puth kcl d mult bwh ny,apa itu tanda mw ad gigi?
    Btw thx y,tips ny berguna bgt

    • tipsbayi April 28, 2011 at 3:17 am #

      @ mommy jasvind,

      Mohon maaf baru dijawab nih.. ;-)

      Untuk perkembangan kemampuannya Anda jangan khawatir, karena perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Faktor berat badan juga berpengaruh. BB bayi Anda termasuk agak besar.. jadi wajar jika tengkurap atau merangkaknya sedikit kesulitan. Tapi jangan khawatir, bayi Anda terlihat sehat.. dan sepertinya jika tanda putihnya di gusi maka bayi Anda akan segera mendapatka gigi pertamanya..

      Untuk melatih tengkurap, Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu ..

      Anda jangan khawatir.. Apabila sudah waktunya bayi Anda akan tengkurap juga, bahkan yakin deh tengkurap akan jadi posisi favorit bayi Anda.. ;-)

  105. rina April 19, 2011 at 1:59 am #

    dear tips bayi….
    Rayyan (11m3w,BB 8kg), akhir2 ini sering BAB n encer banget..kadang disertai buang angin,BABnya kadang cuma air doang alias ampasnya sedikit sekali..dlm satu hari bisa 4-5kali tapi Rayyan ga lemes,malah yg ada dia g mau makan…alhasil aku kasih oralit setiap kali BAB…aybunnya khawatir banget nih..soalnya seingatq dia ga mkn mcm2,makanannyapun non gulgar n msih pake ASI (mesq kadang tak selingi aqua :) )
    belum aku bawa ke DSA karena biasanya diksh puyer jadi masih home treathment aja…karena q pling anti yg namanya puyer….kira2 itu termasuk diare ga ya??kalo dikasih air putih gpp kah??oya, sekedar informasi,Rayyan kl minum ASI pk dot,soalnya dari bayi ga mau nenen ma bundanya…tp tiap kali cuci botol selalu di strelisasi dulu…thanx atas bantuannya :)

    • tipsbayi April 28, 2011 at 3:06 am #

      @ rina,

      Jangan terlalu khawatir berikan saja terus ASI. Pemberian air putih ini merupakan insting langsung para orang tua untuk menghindari dehidrasi dan biasanya bayi suka sekali, tetapi terlalu banyak air dapat menganggu keseimbangan cairan dalam tubuh bayi. Susu (terutamaASI) merupakan cairan yang terbaik untuk tetap menjaga bayi yang belum banyak memakan makanan padat dari ancaman dehidrasi, bahkan untuk bayi dibawah 6 bulan jangan dberi minum air putih, meskipun anak Anda 11 bulan ada baiknya bayi Anda jangan diberi terlalu banyak air putih dulu, cukup diberikan untuk mendorong makanan saja, perbanyaklah ASI.. ;-)

      Terakhir, hubungi dokter jika:

      - Sering BAB, fesesnya cair dan banyak
      - Feses sangat berair dan berbau
      - Anus dan sekitarnya memerah
      - Feses berwarna sangat pucat
      - Terdapat darah segar di popok

  106. yustia April 14, 2011 at 5:34 am #

    tips,pertanyaan saya yang sebelumnya ko blm dijawab?! Mau nanya lagi nih…
    Anak saya pada pemberian MPASI pertama saya coba beri bubur tepung beras merah + kaldu ayam + sedikit ASI. Meskipun sudah saya buat encer banget tapi anak saya ga mau nelan. Kadang sendok dia dorong keluar dengan lidah,atau kalaupun dia mangap,bubur yang sudah ada di dalam mulutnya dia keluarkan lagi (dilepeh). Kira2 kenapa ya,apa dia begitu karena tidak menyukai buburnya atau dia belum mau diberi MPASI? Bagaimana solusinya?

  107. vira April 13, 2011 at 2:57 am #

    thx info ny . . Bermanfaat bgt,
    saya mau tny ni,ank sy 6bln,ud mkn bubur saring,buahan dan roti milna,tp kenapa 3hr ni Pup ny keras berwarna hjau dan sdkt bgt?
    Gppkan jika bubur ny hny dgn sayuran dan tdk d tambah dgn ikan atau ayam?

    • tipsbayi April 18, 2011 at 3:55 am #

      @ vira,

      Untuk MPASI perkenalan gak apa-apa.. untuk selanjutnya.. Agar pertumbuhan tulang atau tinggi maupun beratnya tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP..

      Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang cukup. Perencanaan pola makan dengan gizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

      BAB hijau masih normal tetapi tidak boleh terus-menerus muncul, berarti makanan atau sufor yang bayi Anda konsumsi mempunyai kandungan gula & laktosa tinggi tapi rendah lemak..

      Wajar apabila setelah bayi Anda mendapatkan MPASI, frekuensi BAB bayi Anda bertambah atau berbeda dengan sebelumnya. Pola BAB bayi belum tetap. Bisa sering atau jarang.. Seiring dengan bertambah usianya maka pola BAB bayi Anda akan terbentuk hingga jadwalnya akan terlihat.. Untuk frekuensi BAB, prinsip sederhananya “pengeluaran bagaimana pemasukan” ;-)

      BAB keras..? Buatlah pola makan yang baik.. Perbanyak menu makanan yang mengandung serat. Anda bisa berikan jeruk baby atau jeruk medan manis, pepaya, untuk pisang biasanya ada yang bagus yang rasanya manis hati-hati kebanyakan pisang rasanya manis ada kesatnya inilah yang menyebabkan sedikit susah BAB, apel manis bagus juga kalau di juice kupas terlebih dahulu karena kulitnya agak kesat..

      Pertahankan pemberian ASI, bagus ASI nya dijadikan susu campuran pada buburnya..

  108. yustia April 11, 2011 at 12:30 pm #

    maaf tips mau nanya lagi…
    anak saya yg besar dulu bubur susunya pakai instan terus,yang kecil ini rencananya mau bikin MPASI sendiri,tapi kalau bikin sendiri tepung berasnya kok rasanya repot, kalau tepung berasnya pakai tepung beras Rose Brand boleh ga?
    saya berharap bisa dijawab cepat karena anak saya akan diberi MPASI mulai besok.
    terima kasih sebelumnya.

    • tipsbayi April 18, 2011 at 3:40 am #

      @ yustia,

      Untuk tepung beras yang dijual di warung-warung itu kan masih mentah ya.. karena belum melalui proses sangrai. Bisa saja dibuat MPASI, tapi proses pembuatannya harus agak lama agar benar-benar matang. Hati-hati pemberian makanan yang kurang matang bisa menyebabkan BAB keras juga..

      Jadi bagus Anda membuat tepung beras untuk MPASI sendiri, gampang kok.. Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk resepnya Anda bisa melihat beberapa fariasi di:

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

      Untuk contoh jadwal pemberian MPASI pada bayi Anda, Anda bisa melihatnya di:

      http://www.tipsbayi.com/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan.html

      Apabila bayi Anda masih menolak makanannya itu masih wajar. Maka.. untuk awal rasa MPASI nya jangan terlalu jauh dari rasa makanan pokoknya ASI, jadi campuran ASI nya tambah lebih banyak lagi dan teksturnya buat lebih cair..

      Mohon maaf agak telat jawabnya.. ;-)

  109. Kiarra April 8, 2011 at 6:51 am #

    Dear Tips Bayi,

    Bayi saya umurnya 8.5 bulan, dengan berat badan 9.5 kg. Saat ini sudah makan 3 x (pagi bubur susu, siang dan sore tim saring halus), buah 1x (kadang-kadang campur susu), dan susunya hanya 2x (total hanya 270 cc). Sejak umur 3 bulan, sudah tidak pernah bangun malam lagi untuk minta susu. Apakah susu yang diminum Kiarra sudah cukup untuk per harinya? Karena saya khawatir kurang cukup. Untuk pipisnya cukup sering. Selain itu dia bisa BAB 2-3 x dalam 1 hari. Bentuknya normal-normal saja. Apakah itu normal? Terima kasih

    • tipsbayi April 11, 2011 at 3:47 am #

      @ Kiarra,

      Susu yang diminum Kiarra cukup kok.. berikan susu sesuai permintaan dan kemampuan Kiarra. Kalau sewaktu-waktu dinilai kurang menurut Anda maka Anda bisa mencampurkan susu kekurangannya pada MPASI Kiarra. Terlihat Kiarra tumbuh NORMAL.. ;-)

  110. yustia April 2, 2011 at 9:33 am #

    sore tips…. seminggu lagi anak saya 6 bulan (ASI Eksklusif), di lingkungan saya makanan pertama yang HARUS diberikan kepada bayi adalah pisang emas, apakah dari segi medis hal tersebut benar? Kakaknya alergi susu sapi sehingga DSA saya menganjurkan si kecil jangan dulu diberi makanan yang mengandung susu sapi hingga usia 1 thn. Tips bayi kan mengusulkan makanan tahap pertama itu biskuit yang diencerkan dg air/ASI,tapi setahu saya tidak ada produk biskuit bayi yang tanpa susu sapi. Jadi makanan apa dulu ya yang sebaiknya saya berikan kepada si kecil? Apa langsung diberi bubur tepung beras saja? Terima kasih

    • tipsbayi April 11, 2011 at 3:35 am #

      @ yustia,

      Pemberian pisang pada perkenalan MPASI masih dibolehkan, Anda bisa membaca artikel selengkapnya di:

      http://www.tipsbayi.com/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan.html

      Tepung beras sangat baik digunakan sebagai bahan MPASI karena sangat kecil kemungkinannya menyebabkan alergi pada bayi. Tepung beras yang baik adalah yang berasal dari beras pecah kulit yang lebih banyak kandungan gizinya.. ;-)

  111. tipsbayi March 24, 2011 at 2:57 am #

    @ fitri,

    Bayi yang hanya makan makanan kesukaannya sulit mengembangkan rasa suka terhadap berbagi makanan lainnya. Dan ia akan dan mudah menjadi pemakan yang rewel atau si susah makan. Jangan terlalu khawatir; hampir semua bayi melewati masa rewel makan tersebut, jadi yang terpenting adalah dia tetap mendapat variasi lebih banyak dalam menu pemberian makanan tambahannya untuk mendapat semua manfaat yang dibutuhkannya.

    Untuk mendorong anak Anda makan makanan yang bervariasi, Anda bisa mencoba:

    • Membuat makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

    • Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

    • Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

    • Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikitsedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun bayi Anda akan berterima kasih suatu hari nanti!

  112. fitri March 23, 2011 at 3:20 am #

    tips,gimana ya caranya buat ngasih menu baru buat si kecil soalnya bayiq kan makan bubur susu beras merah tapi aq ganti menunya dia nggak mau, makannya jadi dikit banget padahal udah dikasih susu trus dia kalo dikasuh buah aja nggak mau,kemarin q cobain pepaya sama pisang tapi cuma mau sedikit trus q campur dibuburnya,habis dimakan…gimana ya tips..masa bayiq nggak suka sama buah…gimana ntar sayur ya…

  113. poppy March 11, 2011 at 5:47 am #

    cara mengolah beras merah menjadi bubur susu itu gimana tepatnya!
    beri daftar pemberian mpasi dari 6 bln sampe 12 bln,
    makasih atas jawabanxa.

    • tipsbayi March 15, 2011 at 2:42 am #

      @ poppy,

      Bagus Anda membuat tepung beras untuk MPASI sendiri, gampang kok.. Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai kemudian baru di blender jangan lupa disaring.. Tepung beras sudah siap dibuat bubur.. ;-)

      Untuk resep dan cara pembuatan bermacam-macam bubur, Anda bisa melihatnya di:

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

  114. fitri March 9, 2011 at 3:10 am #

    tips…bayiq udah 6 bulan nih..dia udah mulai coba2 makan,tapi dia agak2 trauma sama sendok kayaknya..soalnya dia minum obat pake sendok..tiap kali liat sendok mulutny langsung nutup..gimana ya tips?trus aq boleh minta resep2 makanan bayi nggak?tolong kirim ke emailq ya….thanks tips..

    • tipsbayi March 15, 2011 at 2:31 am #

      @ fitri,

      Mau tidak mau Anda harus mencoba membiasakan terus agar bayi anda terbiasa dengan sendok kembali.. :-) Tapi jangan Anda paksa..
      Apakah bisa Anda gunakan satu jari Anda untuk menyuapinya..? Misalnya dengan jari telunjuk.. ;-) tapi tetap Anda harus mencoba mengenalkan sendok agar nama baik sendoknya kembali membaik.. Atau.. coba Anda ganti sendoknya dengan yang lain, pakailah sendok dengan warna lain..

      Untuk resep-resep makanan bayi, sambil menunggu resep yang baru.. sementara Anda bisa melihatnya yang sudah ada di:

      http://www.tipsbayi.com/category/makanan-bayi

  115. GIOVANNA February 24, 2011 at 4:25 am #

    JADI KADANG SAYA SUKA MENYAYANGKAN BAGI MEREKA YANG ASI NYA BANYAK, TAPI ADUH ITU MAKANNYA YANG PEDAS2 & TIDAK BERGIZI. JADI APAKAH MAKANAN YANG DIMAKAN IBUNYA AKAN BERPENGARUH BAGI KUALITAS ASI ??JADINYA PERCUMA DONK, ASI BANYAK , TAPI KUALITAS TIDAK ADA, KASIHAN JUGA UNTUK BAYINYA. SEPERTI MINUM AIR BIASA AJA.

  116. GIOVANNA February 24, 2011 at 3:58 am #

    Yang ingin saya tanyakan: ASI selalu digembar gemborkan bahwa kandungan gizinya tidak ada tandingannya dengan sufor manapun, tapi klo saya pikirkan lagi, gmn ada gizinya, klo ibunya saja tidak memakan makanan yang bergizi (misal makan hanya nasi kering, itu juga sudah untung bisa makan nasi sisa yang di keringkan, ikan asin, mie instan). Apakah hal itu bisa membuat kandungan ASI menjadi bergizi????thanks.

  117. anita February 20, 2011 at 1:30 pm #

    bayi saya sdh berusia 6 bln, dan saya coba berikan mpasi beras merah instant, namun sulit sekali, krn dia selalu menutup mulutnya dan memalingkan mukanya setiap disodorkan sendok. padahal sebelumnya dia sudah sering melihat kami makan dan memperlihatkan ketertarikannya pada makanan dengan mengecap2 mulutnya. saya juga mencoba memberikan mpasi buah2an seperti melon dan alpukat, yang sepertinya disukai olehnya. krn dia melakukan gerakan menjilat2 setiap diberikan sendok, tapi hanya sampai situ tidak mau membuka mulut untuk memakannya, dan jika dipaksa dia akan menangis dan memalingkan mukanya.
    saya bingung, bagaimana caranya memberikan mpasi kalau begini terus.

    • tipsbayi February 28, 2011 at 1:48 am #

      @ anita,

      Jangan sampai Anda memaksa bayi Anda untuk menerima makanannya.. karena bisa menyebabkan trauma pada bayi Anda..

      Buatkan dulu makanan yang bentuknya lebih encer lagi, dengan cara mencampurkan tambahan ASI pada makanan bayi Anda, agar rasanya tidak terlalu jauh dengan rasa makanan pokoknya.. usahakan tidak memberikan makanan instan.

      Bila memang masih susah juga, tetaplah Anda pertahankan pemberian ASI sambil tetap dicoba memberikan MPASI pada setiap jadwal makan yang sudah ditetapkan. Insya Allah dengan rutinitas yang terjadwal maka bayi Anda akan terbiasa juga, dan akan segera menerima MPASI yang Anda buat.. ;-)

  118. Anonymous February 19, 2011 at 12:17 pm #

    Dear tips bayi, saya ibu dari Mikha usia 1bulan 1minggu.. Saya hidup dalam lingkungan keluarga yang ortodok dan jaman dulu banget, keluarga memaksa utk memberi mikha makan di usianya skrg krn selalu kurang tiap minum asi, padahal asi saya sangat melimpah..
    Bolehkah saya diberi pencerahan, bagaimana efek jika diberi mpasi usia 1bulan? tanda2 apa pada pencernaan bayi dan pada bayi jika ternyata dia belum siap menerima mpasi? Mohon dengan sangat dibalas.. Trmksh

    • tipsbayi February 28, 2011 at 1:38 am #

      @ Anonymous/ ibu Mikha,

      Wah.. 1 bulan 1 minggu terlalu dini sekali..

      Pemberian makanan pendamping ASI yang terlalu dini dalam waktu jangka panjang akan mengakibatkan anak kurang gizi sehingga dapat mempengaruhi perkembangan otak. Selain itu, dapat timbul efek samping lain, yaitu berupa kenaikan berat badan yang terlalu cepat hingga menjurus ke obesitas dan dapat mengalami alergi dari salah satu zat gizi yang terdapat dalam makanan pendamping tersebut sehingga dapat menimbulkan diare..

      Tanda bayi belum siap menerima MPASI:

      * Jika bayi Anda belum bisa menegakkan kepalanya dengan bai, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda belum bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia belum siap
      * Apabila bibir bagian bawah bayi Anda belum bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok, berarti belum siap.. ;-)

  119. fahmi January 23, 2011 at 2:06 pm #

    terimaksih atas tulisannya, meski tak ada pertanyaan tp saya membacanya dg antusias. thanks..

    • tipsbayi February 28, 2011 at 1:20 am #

      @ fahmi,

      Sama-sama.. terima kasih juga buat Anda yang selalu antusias dan tetap setia pada milis ini.. ;-)

  120. Bunda Dhanya January 7, 2011 at 5:31 am #

    Hallo Tips Bayi. senang sekali bs mendapatkan info yg lgkap ttg MPASI ini. BAyi saya -Dhanya- skrg 4,5 bln msh ASI ekskllusif. Neneknya menyarankan mengenalkannya dg buah jeruk setiap sore hari, apakah itu akanmerusak ASI eksklusifnya? kemudian apa pencernaan bayi saya sdh kuat untuk itu?

    • tipsbayi January 8, 2011 at 4:06 am #

      @ Bunda Dhanya,

      Yang dimaksud ASI eksklusif adalah sama sekali bayi Anda tidak mendapatkan asupan lain selain ASI saja.. ;-)

      Pertahankan pemberian ASI eksklusif sampai Dhanya berusia 6 bulan. Dan selanjutnya pertahankan pemberian ASI sampai Adin berusia 2 atau 2,5 tahun..

      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Jika setiap kali Anda mencoba menyuapkan makanan kepada si kecil dan lidahnya terus mendorong makanan tersebut keluar, berarti dia belum siap diberi MPASI. Kalau begitu, jangan dipaksa… ;-)

  121. mama feby January 5, 2011 at 1:20 pm #

    hay tips bayi..
    saya adalah ibu bekerja , tapi masih memberi ASI eksklusif dan syukur kini bayi saya sehat..duku saya semoat memberikan sufor untuk bayi saya tapi saya hentikan sejak usianya 5 bulan sekarang bayi saya sudah 11 bulan dan sudah mendapatkan MPASI, bayi saya kini sedang belajar berdiri, pada makanan padatnya saya berikan lauk yg berfariatif, tp ada 1 yg mengganjal, saya jarang memberi bayam pada bayi saya karena tidak bisa sampai sore, apa bisa sayur bayam yg lebih dari 3 jam diberi pada makanan bayi?
    terimakasih sebelumnya..

    • tipsbayi January 6, 2011 at 4:38 am #

      @ mama feby,

      Terlihat perkembangan Feby baik sekali.. ;-)

      Hampir semua makanan bayi Anda bisa di simpan dalam freezer. Hanya untuk makanan yang mengandung nitrat tinggi saja yang dianjurkan untuk disajikan secara fresh misalnya bayam. Silahkan Anda baca artikelnya:

      http://www.tipsbayi.com/nitrat-dalam-sayuran.html

      Kandungan negatif pada bayam tidak perlu menjadi kekhawatiran bagi Anda untuk mengkonsumsinya, mengingat begitu banyak kandungan nutrisi tinggi yang ada pada bayam. Bukankah bayam disebut king of vegetables karena banyaknya nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh? Sangat sayang bukan jika kita harus kehilangan kesempatan menyerap banyak nutrisi karena takut mengkonsumsi bayam?

      Mengolah bayam dengan tepat, itu solusinya. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengolah bayam ini:

      * Pilih bayam yang segar kemudian segera dimasak dan disantap.
      * Jangan terlalu lama menyimpan bayam. Ingat tidak boleh lebih dari 5 jam, karena oksidasi zat besi dan nitrat terus berlangsung.
      * Jangan menghangatkan bayam.
      * Hindari memasak bayam dengan menggunakan panci aluminium. Zat besinya akan bereaksi dengan aluminium dan menjadi racun.
      * Sebaiknya menggunakan sayuran organic karena kandungan nitratnya akan lebih rendah.
      * Jangan khawatir untuk memberikan bayam pada MPASI buah hati anda. Karena bayi 6 bulan ke atas asam lambungnya sudah siap melawan racun racun dalam tubuhnya.

      Jadi .. jangan takut mengkonsumsi bayam yaa.. Ingat, apapun sayurannya, pasti ada kemungkinan menyebabkan racun dalam tubuh (Nitrat ada di hampir semua sayuran), yang penting, kita tahu bagaimana mengolah makanan dengan benar dan tepat.

  122. pierre louis December 28, 2010 at 11:21 am #

    hai tips bayi,
    bayi saya saat ini berumur 3 bulan 2 minggu ,dan masih minum ASI.
    saya mau bertanya apakah tidak apa apa kalau bayi saya di berikan ASI oleh istri saya hanya sebelah kiri saja?sedangkan pada payudara yang sebelah kanan juga memproduksi ASI, apa tidak berpengaruh pada anak saya ? terima kasih.

    • tipsbayi January 6, 2011 at 4:25 am #

      @ pierre louis,

      Bagus sekali masih istri Anda berikan ASI saja. Pertahankan sampai usia 6 bulan dan tetap berikan ASI sampai bayi Anda berusia 2 tahun.. ;-)

      Diantara pengaruh ASI..
      Di dalam payudaranya, ibu memiliki ASI depan (foremilik) dan ASI belakang (hindmilk). Pada saat bayi menyusu, ia akan selalu mengisap ASI depan lebih dulu. Bagian ini mempunyai lebih banyak kandungan gula dan laktosa tapi rendah lemak. Sifatnya yang mudah dan cepat diserap membuat bayi sering lapar kembali. Sedangkan, ASI belakang (hindmilk) akan terisap kalau foremilk yang keluar lebih dulu sudah habis. Hindmilk mengandung banyak lemak. Lemak ini yang membuat tinja menjadi kuning.

      Nah, kalau bayi hanya mendapat foremilk yang mengandung sedikit lemak dan banyak gula, kadang-kadang terjadi perubahan pada proses pencernaan yang akhirnya membuat feses bayi berwarna hijau. Bahkan sering juga dari situ terbentuk gas yang terlalu banyak (kentut melulu), sehingga bayi merasa tak nyaman (kolik).

      Mestinya yang bagus itu tidak hijau terus, tapi hijau kuning, hijau dan kuning, bergantian. Ini berarti bayi mendapat ASI yang komplet, dari foremilk sampai hindmilk supaya kandungan gizinya komplet. Nah, ibu harus mengusahakan agar bayinya mendapat foremilk dan hindmilk sekaligus.

      Jadi.. Coba susui bayi Anda dengan salah satu payudara sampai ASI di situ habis, lalu pindah ke payudara berikutnya.. ;-)

  123. hana December 8, 2010 at 9:45 am #

    dear tips bayi

    maaf ada tambahan, bayi saya minum susunya cuma sekali minum cuma 60 cc itu juga mesti dijadii 2 kali minum.
    dan saya dapat 720 (paling banyak ) juga 2 jam sekali. seringnya 660cc.

    thanks
    hana

  124. hana December 8, 2010 at 9:19 am #

    dear tips bayi
    sebelumnya terima kasih banyak karna pertanyaan saya yang mengenai bayi susah bab sudah dijawab diartikel tersebut. akan tetapi saya kembali kesufor lama, maaf saya sebut merek ya s-26. karna bayi saya kelihatannya tidak mau susu lain. akan tetapi minum susu s-26 ini juga sedikit paling banyak 720cc. dengan berat bada pada tanggal 20 november lalu 5.8kg dng tingi badan 64.
    saya mau tanya apakah minumnya sudah cukup? karna bayi saya tidak gemuk, tapi kata orang2 badannya sekal.
    dan selalu susah minum susu. selalu saya paksa sampai nangis. karna saya takut bayi saya kekurangan cairan.
    saya dari awal sufor, karna saya asinya tidak keluar..
    dan bayi saya tanggal 16 juli ini sudah 5 bulan. saya ingin mecoba memberikan biskuit kepada bayi saya. apakah boleh dan bagaimana caranya…
    apakah saya memberikan biskuit… bisa mengurangi napsu minum susunya ?
    bayi saya sudah saya kasih vitamin tapi cara minumnya juga masih tetap sama
    apakah bisa dari pengaruh keturunan juga ya? sebab ayahnya juga makannya juga tidak banyak.
    dan berapa cc air putih yang boleh diminum bayi ?
    oh ya bayi saya kepalanya kalau tengkurap sudah tegak, tapi kadang kalau digendong masih suka terkulai gitu. belum kuat benar.
    mohon jawabanya yach tips bayi dan terima kasih banyak.

    • tipsbayi December 21, 2010 at 3:50 am #

      @ hana,

      BB bayi Anda masih tergolong normal, karena masih di atas 80% BB normal untuk bayi Indonesia. Sebenarnya kesiapan setiap bayi jelas berbeda. Jangan sampai ada paksaan karena tidak baik untuk perkembangan mentalnya. Aktifitas bayi juga berpengaruh.. Memang benar setelah lebih dari 6 bulan kebutuhan susu semakin berkurang karena anak sudah mengenal makanan sehingga cukup diberikan 300 – 400 cc per hari..

      Bayi Anda berusia 5 bulan.. Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Jadi sepertinya Anda bisa mencobanya pertama dengan bubur susu yang encer. Jika setiap kali Anda mencoba menyuapkan makanan kepada si kecil dan lidahnya
      terus mendorong makanan tersebut keluar, berarti dia belum siap diberi MPASI. Kalau begitu, jangan dipaksa… ;-)

      Anda bisa kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan.html

      Perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual, apabila sudah waktunya kepala bayi Anda akan tegak juga..

  125. lita November 24, 2010 at 9:02 am #

    dear tips bayi,

    boleh tidak sih kalau umur 8 bulan diberi bubur sumsum yang telah dicampur santan dalam pembuatannya?

    • tipsbayi December 2, 2010 at 1:06 am #

      @ lita,

      Bayi Anda sudah berusia 8 bulan maka sistem pencernaannya sudah lebih baik lagi dan sepertinya sudah siap untuk menerima makanan mengandung santan kelapa. Meskipun begitu sebenarnya tergantung bayinya juga. Terkadang ada yang sensitif belum bisa menerima makanan bersantan.. ;-)

  126. Yuli November 21, 2010 at 12:03 pm #

    Dear tips bayi
    Saya mau tanya donk, bayi saya bru umur 4 bulan, bb 7kg, nenenya udah nyuruh ngasih bubur bayi terus, bayi nya sih udah bisa duduk senderan di kursi, kepalanya jg udah bisa tegak,, oya dari umur 3bln asi+sufor krna sy bekerja,, tolong sarannya ya, makasih

    • tipsbayi November 30, 2010 at 3:39 pm #

      @ Yuli,

      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Jadi sepertinya Anda bisa mencobanya pertama dengan bubur susu yang encer. Jika setiap kali Anda mencoba menyuapkan makanan kepada si kecil dan lidahnya
      terus mendorong makanan tersebut keluar, berarti dia belum siap diberi MPASI. Kalau begitu, jangan dipaksa… ;-)

  127. Mama aya November 15, 2010 at 11:01 am #

    Dear tips bayi..
    Anak saya azkayra 7,5 bln beberapa hari ini tidak minum asi(sdh tidak keluar)sejak lepas asix hingga skr tidak mau sufor,sdh sy coba berbagai merk,disendokin maupun pake dot tetap ngga mau..tetapi kalo dicampur ke makanan msh mau..berat badanya 7,3.apa yug harus saya lakukan dan kira2 klo susu dicampur makanan,nilai gizi yg dserap sama atau ga?need ur quick respon yach..thx

    • tipsbayi November 20, 2010 at 6:20 am #

      @ Mama aya,

      Maaf agak telat nih.. ;-)

      BB Azkayra masih bagus.. Sepertinya Anda harus sabar mencari sufor dan dot yang cocok dengan Azkayra. Berikan sufor dalam keadaan Azkayra tenang dan coba perlahan..
      Sufor dicampur ke dalam makanan tetap saja sama kandungan gizinya, hanya saja Azkayra pada saat-saat tertentu akan merasakan haus.. Jadi tetap saja bayi Anda memerlukan larutan sufor sebagai pengganti dari ASI..

  128. lita November 12, 2010 at 6:10 am #

    Hai Tips bayi…
    bayi saya memasuki usia 7 bulan, 1 minggu untuk MPASI nya sih dia mulai suka…
    bolehkah sesudah MPASI dikasih air putih, semestinya berapa sendok u bayi saya. karena saya membuat bubur saring dengan air putih. bolehkah bayi saya diberi kue bolu buatan sendiri? thanks.

    • tipsbayi November 20, 2010 at 5:14 am #

      @ lita,

      Sebaiknya untuk campuran bubur saring Anda gunakan ASI atau sufor, jangan hanya air putih saja. Anda bisa berikan air putih tapi jangan terlalu banyak.. hanya untuk mendorong makanan saja..

      Air putih.. Memang benar biasanya bayi suka sekali air putih, tetapi terlalu banyak air putih dapat menganggu keseimbangan cairan dalam tubuh bayi dan karena air putih lebih segar dirasakan bayi akibatnya asupan untuk bayi Anda akan berkurang, air putih tidak bergizi sehingga seringkali mengganggu kenaikan BB dan nafsu makannya… Susu (terutama ASI) merupakan cairan yang terbaik untuk tetap menjaga bayi terutama yang belum mendapat makanan padat dari ancaman dehidrasi..

      Bahkan untuk bayi dibawah 6 bulan jangan dberi minum air putih, meskipun nantinya anak Anda sudah 7 bulan ada baiknya bayi Anda jangan diberi terlalu banyak air putih dulu, cukup diberikan untuk mendorong makanan saja, perbanyaklah ASI atau sufor.. ;-)

      Bolu yang teksturnya lembut boleh saja akan tetapi sebaiknya khusus untuk bayi Anda, sebaiknya Anda buat jangan terlalu manis..

  129. ratih November 10, 2010 at 2:14 am #

    Dear Tips Bayi,

    Bayi sy sudah di perkenalkan dgn MPASI sejk umurny 5 bulan, dan alhmdulillah tdk ada masalah. karena skrg usia bayi sy sudah 7 bulan, kamu pun mencoba MPASI dengan berbagai rasa dan variant yg instan. Tapi belakangan ini bayi sy susah mknnya, setiap di suapin bayi sy mau membuka mulutnya tetapi susah untuk menelan mknnny. Untuk itu kami berikan air putih membantuny untuk menelan makanan.
    Apakan cara pemberian MPASI yg kami lakukan ini sudah benar…?

    Usia 7 bulan ini bayi sy aktif sekali, sudah mulai belajar merangkak, dan duduk dari posisi tengkurap. Apakah ada pengarunya ya bayi yg aktif dengan berkurgnya nafsu mkn ataupun mnum susunya…? Karena bulan sblmnya by kami tidak mengalami peningkatan bb. saat ini umur bayi sy sudah 7 bulan (bb = 8.5 kg dan tg = 65 cm ). Apa bb dan tg bayi sy termasuk normal di usianya…?

    Maaph sekali tips jika pertanyaannya byk sekali,
    Terimakasih byk untuk artikel yg sangat bermanfaat ini.
    Mohon petunjuk dan jawabannya ya tips… ^_^

    • tipsbayi November 18, 2010 at 5:02 am #

      @ ratih,

      Karena air putih lebih segar bayi akan lebih memilih air putih dibandingkan susu atau MPASI, akibatnya asupan untuk bayi Anda akan berkurang, air putih tidak bergizi sehingga seringkali mengganggu kenaikan BB dan nafsu makannya..

      Adakalanya bayi tidak ada atau berkurang nafsu makannya. Selain Anda harus memvariasikan makanannya, Anda juga harus mencari PENYEBABNYA..

      Bisa saja sedang kurang sehat, ada yang tidak enak yang dirasakannya atau mau tumbuh gigi..

      BB bayi Anda termasuk sedikit lebih dari ideal, maka Anda tidak perlu khawatir dengan BB bayi Anda.. Cukup bagus dan NORMAL..

  130. sophie October 23, 2010 at 2:20 am #

    terima kasih atas infonya tipsbayi…

  131. sophie October 14, 2010 at 11:31 am #

    Hai Tips bayi…
    bayi saya memasuki usia 7 bulan..
    untuk MPASI nya sih dia mulai suka…
    cuma untuk buah-buahan susah sekali untuk memberikannya, semua jenis buah yg biasa diberikan untuk bayi dia tidak mau, tetapi kalau untuk bubur nasi di suka sekali, cukupkah dengan itu saja tanpa buah buahan??
    saya juga dapat informasi dari orang tua jangan terlalu banyak memberikan kentang dengan alasan bayi jadi susah minum ASI.
    mohon sarannya…

    • tipsbayi October 21, 2010 at 2:59 am #

      @ sophie,

      Bagus bayi Anda suka MPASI-nya.. Hanya saja untuk buah dan sayur memang harus mulai dibiasakan. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan 5 porsi kecil (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah.. ;-)

      Bukan hanya untuk kentang akan tetapi semua MPASI. Karena dengan sudah mendapatkannya MPASI maka nafsu minum susunya akan sedikit berkurang, itu wajar. Kalau memang kurang sekali maka Anda sebenarnya masih bisa mensiasatinya dengan cara mencampurkan ASI/ sufor jatah bayi Anda ke dalam MPASI-nya.. ;-)

  132. tipsbayi October 1, 2010 at 3:40 am #

    @ Nauli – mommy Kayla,

    Benar.. ;-) Adakalanya bayi tidak ada atau berkurang nafsu makannya. Selain Anda harus memvariasikan makanannya, Anda juga harus mencari PENYEBABNYA..

    Bisa saja sedang kurang sehat, ada yang tidak enak yang dirasakannya atau mau tumbuh gigi..

    Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

    * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

    * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

    * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

    * Faktor terakhir yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda.. :-)

    * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

    Jangan paksakan apabila setelah pemberian makanan baru ternyata ada efek samping atau mencret misalnya, maka sementara Anda ganti saja bahan dasar MPASI-nya..

    Untuk jawaban kedua.. Sebaiknya Anda baca artikel selengkapnya di:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri

  133. tipsbayi October 1, 2010 at 3:31 am #

    @ novia,

    Kami tidak melarangnya lho.. ;-)

    Hanya saja.. Sebenarnya lebih bagus apabila makanannya buatan Anda sendiri, karena apabila sudah terbiasa makan bubur instan maka bayi Anda akan keenakan karena bubur instan rasanya lain dengan bubur buatan sendiri, kandungannya jelas BERBEDA, dan kita tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah? Maka sebaiknya Anda memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali kepepet.. ;-)

    Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

    1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
    2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
    3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
    4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
    5. Mudah
    6. Hemat

  134. tipsbayi October 1, 2010 at 3:26 am #

    @ netty,

    Wah.. Kami setuju dengan pendapat Anda.. Selain Anda seorang ibu yang pasti merasakan dengan naluri Anda, bahwa bayi Anda sehat-sehat saja. Juga kami melihat memang bayi Anda sehat-sehat saja. BB bayi Anda masih normal karena masih pada rata-rata 90% BB normal untuk bayi Indonesia.. Termasuk tinggi juga di usianya. Kabar baik, tidak rewel dan Anda masih memberikan ASI saja, saran kami pertahankan terus..

    ASI sangat bagus sekali untuk kekebalan tubuh bayi Anda, ASI adalah susu terbaik untuk bayi Anda yang tidak akan tertandingi sekalipun oleh sufor termahal.. ;-)

    Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

    Dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

    Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

    ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

    Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

    Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

    Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

    Jadi pilih ASI atau sufor…? :-)

  135. Nauli - mommy Kayla September 28, 2010 at 11:23 pm #

    Tips,
    baby Kayla 5 hari lagi 6 bulan, MPASI yang sudah diberikan sebagai perkenalan adalah biskuit susu yang dicampur pisang, tadinya suka, sekarang jadi susah makan. Apakah karena bosan yach ? Mulutnya ditutup kalau lihat sendok. Habis sich, cuma kayak ngajak perang.
    Sempat saya berikan campuran pepaya atau jeruk atau tomat pada biskuitnya tapi kenapa BAB jadi mencret.
    Pertanyaan ke-2, saya mau memberikan bubur susu , kalau siang pengasuhnya yang memberikan makanan karena saya bekerja. Boleh tidak, pagi disiapkan, disimpan di kulkas , nanti siang baru dihangatkan . Apakah itu aman bagi baby ?
    Mohon sarannya.

  136. novia September 25, 2010 at 4:07 pm #

    anak saya usianya 11 bulan, tp mpasi-nya selalu instant. bagus gak sich buat tumbuh kembangnya? selama ini dia fine2 aja dan selalu aktif. mohon info dan advice-nya. makasih

  137. netty September 20, 2010 at 4:05 pm #

    ank sy usia 11bln.dr usia 6bln smp skrg,alhmdlillh maemny gmpg.smp skrg,ank sy hny minum asi sj.cm,sebulan trkhr ini,bb ny g naik(bb.8,7kg,tb.80cm).ats saran dokter,dsuruh ksi tmbhn sufor krn dkhwtrkn keb.asi ny tdk trcukupi.sy bgg,krn sy mrsa ank sy fine2 aj,stiap hrny (g rewel krn kurang asi/maem gt).sy msh berat mo ngsh tmbhn sufor bwt ank sy.soalny ud kbiasa ngsi asi.jd gmn ya?ap sy hrus ikutin saran dokter bwt tmbh sufor?

  138. tipsbayi September 9, 2010 at 10:28 am #

    @ lila,

    1. Silahkan dibandingkan dengan jadwal pada artikel
    2. Silahkan lihat pada artikel
    3. Setelah lebih dari 6 bulan kebutuhan susu semakin berkurang karena anak sudah mengenal makanan sehingga cukup diberikan 300 – 400 cc per hari.
    4. Yang penting? Tentu saja makan dengna pola seimbang. Sufor kan pelengkap.

  139. lila September 8, 2010 at 3:08 am #

    pola makan baby saya (usia 7 bulan):
    06.00 : sufor 120 ml (kadang jam 5, tergantung bangun tidurnya)
    07.00: bubur lembut (denganberbagai variasi makanan)
    misalkan: – tpung beras merah/ coklat, kuning telur, tahu sutera, keju chedar,
    bayam/brokoli, kaldu ayam kampung
    (sepertinya menjadi favorit bayi saya)
    – kentang, wortel, brokoli/bayam, keju chedar, kaldu ayam,
    tahu sutera/tempe
    08.00: tidur (bangun tidur minum sufor 120 ml)
    10.00: buah (dengan ditambah yogurt cair yg plain 2 sendok makan)
    12.00: makan siang (menu sama dengan makan pagi krn langsung dibuat untuk
    3 kali makan sampai sore)
    13.00: tidur siang
    13.30: buah (dengan ditambah yogurt cair yg plain 2 sendok makan)
    14.30: tidur siang
    16.30: makan malam
    18.00: sufor 120 ml
    23.00: sufor (saat bangun, bayi saya sepertinya terbiasa dengan rutinitas shg pasti bangun sendiri pukul 23.00, 02.00, kadang bangun pukul 04.00 dan mau sufor)
    02.00: sufor 120 ml
    04.00: kadang bangun n mau minum sufor 120 ml

    pertanyaannya:
    1. bagaiman dengan pola makan bayi saya tersebut, apa sudah benar?
    2. saya agak kesulitan sebenarnya dengan pemberian susunya, sebaiknya diberikan pada jam brapa saja?karena selalu diberi makan rata-rata per 2 jam.. jadi sepertinya bayi saya sudah kekenyangan
    4. yang paling penting sebetulnya susu dulu atau makan dulu? soalnya bayi saya kalo sudah dikasi buah, ga mau minum susu.
    3. dari jadwal makan tersebut, berarti kurang lebih susu yang diminuh sekitar 480-600 ml..apakah itu cukup atau kurang untuk usia bayi 7 bulan?

    Terima kasih..ditunggu penjelasannya :)

  140. tipsbayi September 7, 2010 at 4:31 am #

    @ fauzia,

    Tidak dianjurkan untuk memberikan MPASI sebelum usia bayi 6 bulan. Mengapa? Karena sistem pencernaannya belum kuat untuk MPASI. Usahakan berikan ASI Eksklusif hingga usianya 6 bulan…

  141. fauzia September 3, 2010 at 3:15 am #

    hai tips bayi,
    aam usianya sekarang menginjak 5 bulan. ASI + sufor 2 bln pe sekarang. usia 3 bulan sempat alergi makanan, diare pe da darahnya tp udh sembuh. sekarang dia kurang suka ma susu formula. trs klo dikasih mkanan senang bgt. kmrn dikasih pisang dijus, tp kok beolnya keras bgt pe dia nangis. sekarang ganti pepaya blm beol jg 2 hr. gmn?

  142. jeani September 1, 2010 at 4:45 am #

    thanx tuk infonya tips….

  143. tipsbayi September 1, 2010 at 4:44 am #

    @ febie,

    Hampir semua pertanyaan Anda sudah terjawab dalam artikel di atas, silahkan Anda baca lagi dengan baik.

    Bila bayi belum bisa duduk dengan tegak, Anda dapat menggunakan car seat atau menyuapinya dalam gendongan Anda.

  144. febie September 1, 2010 at 3:10 am #

    tips bayi untuk pure kentang dll kapan waktu / jam seharusnya d berikan.?? untuk beras tepung apa bisa d campur dengan sayuran atau buah”an??? terima kasih

  145. febie August 31, 2010 at 7:54 am #

    hi tips bayi… anak saya baru akan berusia 6 bulan makanan apa atau buah apa yang sebaik nya d berikan untuk pengenalan makanan ??? maksud dengan bubur susu…tepung beras yang d campur susu??? tapi tidak d campur dengan sayuran??? anak saya belom bisa tegak duduk apakah dia sudah boleh d beri mpasi???

  146. Syarif August 28, 2010 at 3:53 am #

    hi Tipsbayi.com, very thanks atas info dan sarannya.

    salam hormat.

  147. tipsbayi August 24, 2010 at 7:18 am #

    @ bunda fano,

    Maksud Anda tidak sesuai jadwal apakah maksudnya sebelum usianya 6 bulan? Atau tidak mengikuti jadwal makan harian di atas? Jika maksudnya yang pertama, memang berpengaruh, karena sistem pencernaannya belum kuat untuk menerima MPASI. Kalau maksud ANda yang kedua, maka todak masalah. Jadwal makan harian di atas bukan acuan baku lho, hanya untuk memberikan gambaran. Silahkan sesuaikan dengan kondisi buah hati Anda…

  148. bunda fano August 24, 2010 at 5:26 am #

    hai tips bayi, jika tidak memberikan MPASI sesuai dgn jadwal apakah pengaruh dgn tumbuh kembang anak?

Trackbacks/Pingbacks

  1. Resep Bubur Beras Merah Wortel | Makanan Bayi - October 19, 2010

    [...] Sudahkah Anda membaca: Mengenalkan MPASI pada bayi usia 6 bulan? [...]

Leave a Reply