Melatih Bayi Berjalan

Langkah pertama bayi merupakan momen yang sangat dinantikan oleh para Ayah dan Bunda. Pokoknya, begitu ‘bersejarahnya’ pencapaian ini, sehingga kemampuan berjalan menjadi fase yang sangat dinantikan dari sekian banyak fase perkembangan bayi.

Nah, banyak orang tua yang bersemangat untuk melatih bayinya berjalan, sehingga kali ini kami mengumpulkan beberapa informasi penting seputar permasalahan ini.

Kapan Dimulai?

Sebelum melatih si kecil berjalan, Anda harus terlebih dulu memperhatikan tanda-tanda bahwa ia telah siap. Diantaranya, ia sudah bisa mengangkat dirinya dari posisi duduk ke posisi berdiri, dengan berpegangan kepada sesuatu seperti meja atau kursi.

Ingat, untuk bisa berjalan, buah hati Anda harus melewati fase perkembangan seperti berguling, duduk dengan tegak, serta merangkak (walaupun sebagian kecil bayi tidak melalui fase merangkak, dan bisa langsung berjalan dengan berpegangan).

Intinya, jangan memaksa bayi Anda untuk bisa berjalan, jika memang belum waktunya. Memaksanya berjalan belum pada waktunya akan berbahaya bagi si kecil. Langkah pertama bayi biasanya terjadi ketika ia berusia 9-12 bulan, dan ia akan mulai berjalan dengan lancar ketika berusia 14-15 bulan. Jika bayi Anda agak lambat perkembangannya, Anda tidak perlu buru-buru khawatir dan bersedih, karena memang ada sebagian bayi normal dan sehat yang baru bisa berjalan setelah usia 17 bulan.

Berikut tahapan perkembangan fisik bayi Anda sebelum ia bisa berjalan:

  • Mulai berdiri dari posisi duduk, dengan berpegangan ke meja atau kursi (usia 9 bulanan)
  • Mulai belajar menekuk lutunya (usia 10 bulanan)
  • Mulai belajar duduk dari posisi berdiri (usia 10 bulanan)
  • Mulai berjalan merayap, dengan berpegangan ke perabotan rumah Anda (usia 11 bulanan)
  • Mulai berjalan dan berpindah dari satu perabotan ke perabotan yang lain sambil terus berpegangan (usia 12 bulanan)

bayi dudukbayi merangkakbayi bangkitbayi ditatihbayi jalan merayapbayi berdiri sendiribayi berjalan

Bagaimana Anda Bisa Membantu?

Banyak cara untuk bisa membantu dan melatih si kecil agar bisa berjalan…

  • Ketika bayi Anda mulai belajar mengangkat dirinya dari posisi duduk ke posisi berdiri dengan berpegangan, mungkin ia akan bingung bagaimana caranya ia bisa duduk kembali. Nah, Anda bisa membantu dengan menjukkan cara untuk menekuk lututnya. Latihlah ia untuk membegkokkan lututnya, sehingga ia pun bisa duduk kembali. Kesalahan: Ketika si kecil menangis ketakutan karena tidak bisa duduk dari posisi berdiri, Anda malahan langsung menggendongnya. Dengan begini, anak akan menjadi manja dan lambat untuk bisa mandiri.
  • Berdirilah bersamanya dengan berhadap-hadapan. Biarkan ia memegang kedua tangan Anda, dan biarkan ia berjalan menuju Anda. Atau Anda bisa juga berdiri di belakangnya dengan terus memegang kedua tangan/ketiaknya, dan membiarkannya berjalan sesukanya. Ini sering disebut dengan mentatih bayi.
  • Berikan mainan atau benda yang aman untuk didorong-dorong olehnya sambil berjalan. Kesalahan: memberikan baby walker kepadanya, karena akan mengakibatkan pertumbuhan otot paha atas bayi yang kurang sempurna
  • Biasakan bayi Anda untuk berjalan di dalam rumah tanpa menggunakan sepatu

Kapan Anda Perlu Khawatir?

Ingatlah, setiap bayi memiliki perkembangan yang berbeda, jadi tidak perlu khawatir jika perkembangan bayi Anda untuk berjalan agak lambat dibanding anak yang lain. Kapan Anda perlu merasa khawatir? Jika si kecil sudah berusia 1,5 tahun dan ia masih belum juga bisa berjalan, Anda bisa konsultasikan dengan dokter…

Anda tidak bisa memaksakan seorang bayi untuk bisa berjalan lebih cepat, karena dia memiliki jadwalnya sendiri… Anda hanya bisa membantu mempersiapkannya untuk bisa berjalan dengan baik…

Kemampuan berjalan setiap bayi tentu berbeda, dan ini juga dipengaruhi oleh berat badannya, dan lingkungan sekitar yang dapat memotivasi si kecil untuk percaya diri berjalan.

Berenang bisa membantu bayi untuk melalui fase perkembangannya dengan lebih ‘mulus’, karena berenang bisa meningkatkan kemampuan motorik seluruh tubuh bayi.

Oya, begitu si kecil bisa berjalan, nanti Anda yang akan bingung bagaimana untuk menghentikannya! :)

Artikel yang berhubungan:

  1. Bayi 10 Bulan: Beberapa Hal Penting

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

138 Responses to Melatih Bayi Berjalan

  1. indah August 16, 2014 at 6:44 am #

    assalamualaikum..
    anak saya umurnya 14bulan tanggal 29. alhamdulillah udah punya gigi 4. atas 2 bawah 2. BBnya 8.2kg.
    yang saya tanyakan anak saya belom bisa berdiri sendiri dan jalan, tapi kalau dititah terus tahu meja dia sudah mau berdiri sendiri sambil megang meja tapi belom mau geser(jalan).
    terus masalah makan akhir” ini dia malas makan walaupun dibelikan lauknya.
    kata saudara kalau anak mau jalan biasanya memang sulit makan.
    tapi kata tetangga anak saya termasuk lambat perkembanggannya.
    karena baru punya gigi 4. BBnya cuma 8.2kg, ngak mau makan trus belom bisa jalan padahal sudah umur 14bulan.
    tapi saya mikir santai saja karena dia juga lahir prematur dulunya yang penting dia sehat.

    • tips-bayi September 27, 2014 at 4:43 am #

      indah,

      Wa’alaikumussalam..

      Bunda sudah menjawab pertanhaan “..tapi saya mikir santai saja karena dia juga lahir prematur dulunya yang penting dia sehat.. ”
      Benar Bun.. Insya Alloh bayi Bunda sehat..

      Susah makan..? Memang terkadang terjadi seperti itu, imbangi dengan asupan ASI. Dan bunda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, kakak beradik sekalipun. Terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan, itu masih NORMAL kok.. ;-)

  2. Fitri August 12, 2014 at 8:59 am #

    halo tips baby, sy bunda sheela..anak sy perempuan, tgl 16 agust nanti genap 1th. bb 7.4kg. mohon stimulasi dan bantuannya dongg..:masalahnya begini :
    1. anak sy duduk sendiri (tegak)sudah bisa, tp koq blm merangkak ya..?malahan sekarang mulai berdiri sambil pegangan kursi,meja dll..habis itu kadang tangannya suka dilepas jd jatuh deh..utk gigi udah tumbuh 4 bh..
    2. kalau dlm posisi duduk terus dia mau mengambil sesuatu benda didepan dia yang agak jauh, dia bungkukkan badannya sampai ke posisi tengkurap, nah setelah tengkurap dia ngak bisa maju tapi malahan mundur karna dia ngak bisa ngesot..jd kasian liatnya…gimana agar dia bisa ngesot maju ke depan?
    3. sampai sekarang anak saya masih makan bubur tim + sayuran yang dihalusin agak kasar, kenapa ya dari 6 bulan koq porsi makannya sedikit banget. bubur tim yang dibuat dari 1 sdm beras, untuk 2x makan itupun kadang habis kadang enggak.. bukankah normalnya makin lama porsi makan makin meningkat ya?..

    • tips-bayi September 26, 2014 at 1:19 pm #

      Fitri,

      1. Sudah bisa duduk tegak bagus.. Merangkak merupakan transisi antara duduk dan berdiri ini, tidak harus ada pada setiap bayi. Ia bukan milestone atau tonggak penting perkembangan, seperti halnya duduk ataupun berdiri yang memang harus ada. Pendek kata, merangkak tak dipakai sebagai suatu patokan penting untuk pertumbuhan. “Bukan sebagai kunci penting. Ada anak yang tanpa merangkak dan langsung berdiri juga boleh-boleh saja.” :-)

      2. Sepertinya nanti bayi Bunda sedang belajar ngesot, NORMAL saja Bun..

      3. Memang terkadang terjadi seperti itu, imbangi dengan asupan ASI. Untuk mengatasi bayi Bunda yang susah makan atau kurang nafsu makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi dengan teratur, bagus bersamaan dengan orang dewasa lainnya..
      * Mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukainya.
      * Juga.. “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.
      * Mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokok.
      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan.
      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Bunda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Bunda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.
      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda.
      * Jika bayi Bunda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari.. ;)

      Bunda bisa coba meperkenalkan finger foods (potongan sayuran rebus, buah, atau makanan lainnya)

  3. Nimatul Masruroh August 9, 2014 at 9:39 am #

    Selamat sore..bund anak saya usia 15 bulan 2 minggu beratnya hanya 8.9 kg, blm bisa jalan dan berdiri sendiri tetapi sudah rambatan kemana mana, makanya banyak tp beratnya segitu gitu aja bund…apa anakku belum bisa jalan karena terlalu kurus ya bund?anakku full asi…terimakasih

    • tips-bayi September 26, 2014 at 10:10 am #

      Nimatul Masruroh,

      Sore Bun..
      Sudah mulai rambatan, sudah memperlihatkan perkembangan baik.. jangan khawatir.. Perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda.
      Makannya banyak habis dirubah menjadi energi untuk aktifitas dan tidak sempat disimpan menjadi berat badan.. ;)

      Jangan khawatir jika makannya masih banyak dan aktif. Pertahankan ASI terus.. ;)

  4. yanthi August 6, 2014 at 2:54 am #

    Dear tips bayi.
    Anakku hampir 20bln. Tp blm bs jalan. Sblmnya sdh bisa jalan 5 sd 7langkah. Tetapi smkn kesini dy sdg tdk mau jalan lg. Berdiri sj tdk kuat. Apakah normal spt ini?? Mohon infonya yah.tq

    • tips-bayi September 26, 2014 at 10:04 am #

      yanthi,

      Apakah BB anak Bunda ada kenaikan..? Bagaimana dengan nafsu makannya..?
      Jika anak Bunda tidak ada keluhan kesehatan, ini hanya masalah dengan motifasi dan rangsangan saja. Kecuali jika pada anak Bunda terdapat beberapa keluhan seperti BB tidak ada perkembangan, nafsu makan menurun, lemas tidak bergairah.. maka sebaiknya segera diperiksakan ke DSA..
      Semoga anak Bunda baik-baik saja.. :)

  5. sae July 19, 2014 at 2:38 pm #

    assalamu alaikum.
    Mau nanya nih. Anak saya perempuan, 12 bln, bb 8 kg baru merangkak. Duduk sndiri udah bisa. Udah maunya berdiri n jalan. Suka nyari tangan utk bdiri. Suka lari jg klo dititah. Tp b’diri sndri tnpa pegangan blm bisa. Trus klo udah ga mau dititah suka minta gendong. Awalnya wktu masih merayap dia suka turun dr kasur sndri. Skrg stlh bisa rambatan jd ga mau turun sndri, maunya lgsg cari tangan utk dititah ato naik kasur sndri. Giginya jg smpe skrg bru 2. Apakah itu normal? Bgmn supaya dia tdk manja? Saya sgt khawatir, tolong motivasinya.

    • tips-bayi August 7, 2014 at 6:40 am #

      sae,

      Wa’alaikumussalam..

      Terlihat perkembangannya NORMAL.. Sebenarnya Bunda tidak perlu terlalu khawatir dengan perkembangan kemampuannya, karena setiap bayi akan berbeda waktunya dan bersifat individual.. Termasuk pertumbuhan gigi..

      Untu anak Bunda.. Dimulai belajar berdiri dulu. Amati apakah sudah bisa mantap berdiri dan berapa lama ia bisa bertahan. Jika sudah bisa berdiri tegap, itu berarti anak sudah siap mendapat stimulasi berjalan.. boleh dititah. Perhatikan apakah posisi jari kaki anak menekuk atau tidak. Jika menekuk, itu tandanya dia masih perlu stimulasi supaya berani dan terbiasa menahan berat badannya dengan bertumpu pada kedua kakinya..

      Jika sudah bisa berdiri tegak, teruskan untuk melatih jalan.. Bunda bisa melatihnya dengan mendorong galon yang diisi air sedikit sambil ditahan galonnya oleh Bunda agar jalannya tidak cepat cepat. Dengan begini anak memegang bagian tengah galon maka keseimbangannya akan lebih cepat baik. Atau ajak dorong-dorong kursi plastik kecil.. ;)

      Agar dia tidak manja, latihlah kemandirian dari mulai sekarang. Contoh bentuk kebiasaan pada bayi Bunda jika dia bangun malam, misal diusap kepalanya , disusui atau ditenangkan dengan bisikan, itu akan membentuk pola tidur bayi Bunda yang bagus dan mandiri.. Makan, ajaklah makan bersama dan biasakan makan sendiri, meskipun masih dengan bantuan kita.. ;)

  6. Wawan July 17, 2014 at 7:32 am #

    Anak saya usianya 13 bln 2 minggu, belum bisa duduk sendiri dari tidurnya, tp kalau di bantu bisa duduk tegak, lalu tidak merangkak, pengen jalan tapi mencari tangan supaya bisa berjalan, bagaimana cara melatihnya duduk sendiri?? tolong di jawab

    • tips-bayi August 5, 2014 at 7:00 am #

      Wawan,

      Duduk sendiri bisa ya.. Hanya belum tegak dan belum lama ya..? Insya Allah sebentar lagi juga akan bisa duduk tegak dan kuat. Pancing dengan mainan favorit si kecil di atas kepalanya. Ini akan menantangnya untuk menggapai-gapai mainan tersebut dan berusaha menegakkan badannya.

      Jika ia sudah bisa berdiri sendiri tanpa berpegangan, amati apakah sudah bisa mantap berdiri dan berapa lama ia bisa bertahan. Jika sudah bisa berdiri tegap, itu berarti anak sudah siap mendapat stimulasi berjalan. Perhatikan apakah posisi jari kaki anak menekuk atau tidak. Jika menekuk, itu tandanya dia masih perlu stimulasi supaya berani dan terbiasa menahan berat badannya dengan bertumpu pada kedua kakinya.. ;)

  7. opick July 13, 2014 at 7:34 am #

    ingin rasa saya bertemeu dengan anak saya lagi :(

  8. dewi July 9, 2014 at 5:15 pm #

    Assalamualaikum
    Saya pernah konsultasi disini tgl 29 mei ketika anak saya aqisya umur 13bulan. Alkhamdulillah sekarang anak saya genap 15bulan dan sudah berjalan lancar. Sesuai dgn Saran dr tipsbayi.com saya tetap sabar melatih anak berjalan dgn menggunakan kursi, galon atau kadang melatihnya untuk meraih buah semangka yg saya pegang (aqisya suka sekali dgn semangka) juga mengejar burung merpati yg sedang asik berebut makanan :) . Sayapun tidak memaksanya untuk berjalan. Tiap malam kaki,tangan dan badan aqisya saya pijit agar aqisya tidak merasa capek & semangat untuk belajar berjalan. Alkhamdulillah belum genap 14bulan aqisya sudah lancar berjalan. Terimakasih tipsbayi.com untuk semangat dan sarannya. Semangat juga untuk ibu2 yang lain , jadikan suasana berlatih/belajar anak menyenangkan dan jgn d paksakan…

    • tips-bayi July 25, 2014 at 6:16 am #

      dewi,

      Wa’alaikum salam,

      Alhamdulillah.. :)
      Mudah-mudahan Aqisya tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.. Amiin.. :)

  9. egga June 22, 2014 at 3:30 am #

    Anakku 1thn 4bulan.belum bsa jln tp,law dorong galon,kursi kecil atw mendorong sepeda udah bsa malah jalannya udah jauh.tp,law d suruh berdiri tanpa pegangan dia ga mau,malah duduk.normalkah anakku?ada yang bilang harus d urut.perlukah kakinya d urut?

    • tips-bayi July 7, 2014 at 3:15 am #

      egga,

      Kalau jalannya sudah bisa, bahkan sudah bisa jauh, insya Alloh NORMAL Bun.. ;)
      Kalau dipijat itu bagus Bun.. Selain terus berinteraksi memberikan rangsangan, juga Bunda bisa pijat secara teratur..

  10. dzaki June 12, 2014 at 3:44 am #

    Anak laki sya tgl 28 Ni berusia 16 bln.Bb 9,8 kg.blm bisa duduk sendiri tp didudukn bisa duduk tegak.klo didirikn kakix g mau melapak kebwah(gntung/ diangkat),jd g bisa tegak kakix.blm bisa ngomong cuma bisa ngoceh.gigix sdh tumbuh bnyk tp klo maem yg kasar di muntahkn,pa krn sesakx yg g kunjung sembuh yg menghambatx tuk berdiri tau jln.bagaimana bun pa perkembangan anak sya lambat.ransangan pa yg tepat tuk anak sya.sya sedih dan bingung hrus bagaimana lg :(

    • tips-bayi July 1, 2014 at 8:44 am #

      dzaki,

      Jangan sedih Bun.. :) Masih normal.. Karena perkembangan kemampuan setiap bayi itu berbeda dan bersifat individual.. ada yang cepat dalam satu perkembangan dan lambat dalam yang lainnya. Contohnya Dzaki cepat tumbuh giginya.. ;)

      Merangsang bukan memaksa.. jadi kita harus sabar ya Bun.. teruskan saja rangsang Bun..

      Bayi Bunda sudah bisa duduk tegak sendiri kan..? Pancing dengan mainan favorit si kecil di atas kepalanya. Ini akan menantangnya untuk menggapai-gapai mainan tersebut dan berusaha menegakkan badannya.

      Jika ia sudah bisa berdiri sendiri tanpa berpegangan, amati apakah sudah bisa mantap berdiri dan berapa lama ia bisa bertahan. Jika sudah bisa berdiri tegap, itu berarti anak sudah siap mendapat stimulasi berjalan. Perhatikan apakah posisi jari kaki anak menekuk atau tidak. Jika menekuk, itu tandanya dia masih perlu stimulasi supaya berani dan terbiasa menahan berat badannya dengan bertumpu pada kedua kakinya.

      Bila jari kakinya tidak menekuk, mulailah mengajaknya untuk mau ditatih (titah). Biarkan kedua tangannya memegangi kedua tangan Anda lalu ajaklah ia melangkahkan kakinya. Bunda juga bisa mengajak mendorong galon yang diisi air sedikit sambil ditahan galonnya oleh Bunda agar jalannya tidak cepat cepat. Dengan begini anak memegang bagian tengah galon maka keseimbangannya akan lebih cepat baik. Atau ajak dorong-dorong kursi plastik kecil.. ;)

  11. dewi May 29, 2014 at 3:29 am #

    Anak saya perempuan umur 13bulan 2minggu. Waktu umur 7bulan merangkak dgn perutnya dan sayapun mencontohkan merangkak tiap kali bersamanya, umur 9bulan mulai merangkak dgn kaki & tangannya (normal). Sekarang anak saya masih suka dorong2 kursi/galon maupun d titah (pegangan dgn 1tangan), tapi anak saya lebih suka merangkak. Bagaimana mengatasinya agar anak saya bisa siap&cepat berjalan?
    *sedih di banding2kan dengan anak2 tetangga dan saudaranya yg umur 11bulan sudah jalan :’(

    • tips-bayi June 4, 2014 at 7:32 am #

      dewi,

      Jangan sedih Bun.. :) Masih normal.. Karena perkembangan kemampuan setiap bayi itu berbeda dan bersifat individual.. ada yang cepat dalam satu perkembangan dan lambat dalam yang lainnya.

      Teruskan mendorong kursi atau galonnya, buatlah suasana latihannya menyenangkan. Jangan sampai bayi Bunda merasakan adanya paksaan.. ;)

    • Nur Hakiki June 19, 2014 at 4:37 am #

      Assalamualaikum tips-bayi,
      Anak saya berumur 10bln BBnya 9,2kg..anaknya bisa merangkak, berdiri lututnya dibuat tumpuan, tp klo kakinya yg dibuat tumpuan, dia masih jinjit…kdg dia belajar bangkit berdiri dg kaki sambil membungkukan badan..tapi masih belum bisa jln, apakah tidak ada masalah??

      • tips-bayi July 3, 2014 at 5:42 am #

        Nur Hakiki,

        Wa’alaikumussalam..

        Insya Alloh tidak ada masalah.. Terlihat bayi Bunda ada usaha.. perkembangan kemampuan setiap bayi itu berbeda dan bersifat individual.. ada yang cepat dalam satu perkembangan dan lambat dalam yang lainnya… ;)

        Merangsang bukan memaksa.. jadi kita harus sabar ya Bun.. teruskan saja rangsang Bun..

        Bayi Bunda sudah bisa duduk tegak sendiri kan..? Pancing dengan mainan favorit si kecil di atas kepalanya. Ini akan menantangnya untuk menggapai-gapai mainan tersebut dan berusaha menegakkan badannya.

        Jika ia sudah bisa berdiri sendiri tanpa berpegangan, amati apakah sudah bisa mantap berdiri dan berapa lama ia bisa bertahan. Jika sudah bisa berdiri tegap, itu berarti anak sudah siap mendapat stimulasi berjalan. Perhatikan apakah posisi jari kaki anak menekuk atau tidak. Jika menekuk, itu tandanya dia masih perlu stimulasi supaya berani dan terbiasa menahan berat badannya dengan bertumpu pada kedua kakinya.

        Bila jari kakinya tidak menekuk, mulailah mengajaknya untuk mau ditatih (titah). Biarkan kedua tangannya memegangi kedua tangan Anda lalu ajaklah ia melangkahkan kakinya. Bunda juga bisa mengajak mendorong galon yang diisi air sedikit sambil ditahan galonnya oleh Bunda agar jalannya tidak cepat cepat. Dengan begini anak memegang bagian tengah galon maka keseimbangannya akan lebih cepat baik. Atau ajak dorong-dorong kursi plastik kecil.. ;)

    • Nur Hakiki June 19, 2014 at 4:39 am #

      Assalamualaikum tips-bayi,
      Anak saya berumur 10bln BBnya 9,2kg..anaknya bisa merangkak, berdiri lututnya dibuat tumpuan, tp klo kakinya yg dibuat tumpuan, dia masih jinjit…kdg dia belajar bangkit berdiri dg kaki sambil membungkukan badan..tapi masih belum bisa jln, apakah tidak ada masalah??minta solusinya..
      Terima kasih :)

      Wassalam

    • Anonymous June 24, 2014 at 2:37 am #

      Baby sy usia 8 bulan sudah bs merangkak dan sudah belajar b’diri sendiri dan b’jalan dgn b’pegangan di sisi tempat tidur ,dia b’jalan untuk meraih benda2 di sekeliling yg dia inginkan,.tempat tdr sy kebetukan yg 2 tempat atas bwh jd ga t’lalu tinggi untk latihan dia b’jalan dan b’diri,.

  12. juni May 19, 2014 at 4:36 pm #

    Ass, bun anak sy umurnya sudah mau 15 bulan, gigi nya sih sudah 12 tumbuh bahkan yg graham jg udah tumbuh, tp anak sy baru bs tengkurep bolak balik ja, belum bs bs duduk sendiri ataupun merangkak, klo di tatih jln si udh mau tp ga lama, cm sbentar ja selebih nya dia loncat, berat badannya si 10,3 kira2 ada masalah dg pertumbuhan anak sy ini.

    • tips-bayi May 30, 2014 at 2:31 am #

      juni,

      Wa’alaikum salam,

      BB bayi Bunda masih termasuk cukup bagus, karena termasuk 90% BB ideal untuk bayi indonesia. Terlihat perkembangan kemampuan dan pertumbuhannya NORMAL Bun.. Jangan khawatir karena perkembangan kemampuan setiap bayi itu berbeda dan bersifat individual.. ada yang cepat dalam satu perkembangan dan lambat dalam yang lainnya. Bayi Bunda termasuk cepat di pertumbuhan gigi.. ;)

  13. dyna May 3, 2014 at 1:10 am #

    Hay bun, babyku kiara tgl 8 sept bsok genap 8 bulan. Wktu umur 7 bulan udh bsa merangkak lancar dan duduk sendiri wlopun kdg msih suka miring2. Skrg kalo ada meja gtu trs pgnnya mau berdiri dgn lutut dilipat gitu. Tpi blum mau aq titah. Maemnya ga mau instan, klo homemade lahap bget :D bbnya skrg 8 kg. Normal ga bun tumbuh kembangnya?

    • tips-bayi May 14, 2014 at 1:42 pm #

      dyna,

      Bagus sekali bayinya menolak instan dan suka dengan homemade. BB nya pas 8 kg ya..? BB bayi Bunda masih termasuk cukup bagus, karena termasuk 95% BB ideal untuk bayi indonesia. Perkembangan kemampuannya pun termasuk bagus.. ;)

  14. lina karlina April 23, 2014 at 2:59 pm #

    anaku umurnya 1 th krg 5 hr,BB nya 10,5 untuk prtmbhnnya alhmdlh dh tmbh gigi 8 bh,dh bs smwnya kcuali jalan, dia srg minta d titah,klo brhnti dia nangis,mrh….tp klo stlh jongkok blm bs brdr sndr hrs brpgngan,klopun di brdirin yg maju bkn kakinya malah badannya…dulu tetehnya brt bdnnya lbh brt dr adiknya 1 th dh bs jln 2-3 lngkh..knp beda ya?

    • tips-bayi May 8, 2014 at 9:39 am #

      lina karlina,

      Jangan terlalu khawatir, perkembangan kemampuan setiap bayi itu berbeda dan bersifat individual meskipun kakak beradik, dan juga terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.. Bahkan terkadang ada juga yang tidak melalui tahapan yang biasa. Misalnya tidak merangkak tapi langsung berdiri dan berjalan. Ada juga yang ngesot tidak merangkak, jadi setiap bayi akan berbeda, keturunan sangat berpengaruh.. ;)

  15. amel April 19, 2014 at 1:45 pm #

    halo, anak saya usia 8,5 bulan, blm bisa duduk sendiri tp tegak jika didudukkan. sedang belajar merangkak. tp malah kuat berdiri sendiri dengan menopang sesuatu yang ada didepannya, padahal tidak niat diajarkan berdiri dulu. amankah? kuatir kakinya “O”

    • tips-bayi May 3, 2014 at 5:44 am #

      amel,

      Ya Bun.. sebaiknya jangan dulu dibiarkan untuk belajar berdiri. Kuatkan dulu duduknya, setelah bisa duduk tegak sendiri sudah boleh belajar berdiri karena pinggangnya sudah bisa menopang kuat tubuhnya.. ;)

  16. dewi April 15, 2014 at 8:59 am #

    deartipsbayi
    Anak saya umur sudah 15 bulan, berat 12 kg, sudah duduk tegak tapi kok belum bisa jalan sendiri ya. maunya ditetah terus, apakah normal anak seusia begitu belum bisa berjalan sendiri. bagaimana solusinya

    • tips-bayi April 23, 2014 at 7:27 am #

      dewi,

      Bisa jalan dititah berarti organnya sehat NORMAL Bun.. hanya saja motifasi yang kurang..
      Ajaklah bermain yang merangsang untuk berjalan, misalnya Bunda bisa mengajak mendorong galon yang diisi air sedikit sambil ditahan galonnya oleh Bunda agar jalannya tidak cepat cepat. Dengan begini anak memegang bagian tengah galon maka keseimbangannya akan lebih cepat baik. Atau ajak dorong-dorong kursi plastik kecil.. ;)

  17. anggi anggraini lubis April 15, 2014 at 4:27 am #

    ass..
    anak saya SYAKIRA usia 10 bln 2 mgg, BBnya 10,8 kg (masih ASI) dia uda mulai di tatih2 jalan tp tdk pandai merangkak..apa berat badan mempengaruhi pergerakan motoriknya??

    • tips-bayi April 23, 2014 at 7:16 am #

      anggi anggraini lubis,

      Wa’alaikumussalam..

      Benar Bun.. BB berpengaruh juga pada perkembangan kemampuan bayi, akan tetapi untuk perkembangan motoriknya insya Alloh akan tetap berkembang meskipun agak sedikit terhambat. Bayi akan agak kesulitan jika BB nya berat.. ;)

  18. hikmah March 31, 2014 at 6:04 pm #

    Ass .. Anakku umur 11 bln, kurang dari 2 minggu lagi dia berumur 1 tahun, dia bisa merangkak dengan lancar, pokoknya gak bisa diem dehh, tapi gara-gara keasyikan merangkak ,dia jadi seperti malas untuk berdiri apalagi berlatih berjalan, apa yang harus saya lakukan ya??, aku khawatir anakku jadi susah untuk berjalan..

    • tips-bayi April 8, 2014 at 3:55 am #

      hikmah

      Wa’alaikumsalam,

      Badannya tidak gemuk Bun..? Bisa karena berat badan yang berat jadi agak malas. Bolehlah kita curiga, tapi tetap jangan terlalu cemas, apalagi sampai memaksakan anak berlatih keras.
      Bunda tidak perlu buru-buru khawatir dan bersedih, karena memang ada sebagian bayi normal dan sehat yang baru bisa berjalan setelah usia 17 bulan. Jadi pada umumnya, usia anak berjalan tak terlalu jauh berkisar antara 16-20 bulan.

      Teruskan untuk melatih jalan.. Bunda bisa melatihnya dengan mendorong galon yang diisi air sedikit sambil ditahan galonnya oleh Bunda agar jalannya tidak cepat cepat. Dengan begini anak memegang bagian tengah galon maka keseimbangannya akan lebih cepat baik. Atau ajak dorong-dorong kursi plastik kecil.. ;)

  19. Imam Fahruddin March 18, 2014 at 1:14 pm #

    wah terima kasih, tipsnya berguna…putri saya berusia 9 bulan, ternyata memang proses perkembangan bayi itu berbeda-beda, saya tadinya khawatir sebab putri saya belum bisa berjalan padahal ada anak teman saya 9 bulan sudah pandai berjalan

    • tips-bayi April 1, 2014 at 6:52 am #

      Imam Fahruddin,

      Sama-sama.. :)
      Ya benar pak.. perkembangan bayi memang berbeda-beda..
      Semoga buah hatinya tumbuh sehat selalu..

  20. nico March 8, 2014 at 10:28 am #

    anak saya skrng berusia 1,11 bln blm bsa jalan, duduk sudah bisa sendiri anak saya memang ngga bisa diem , tapi tdk merangkak , klu untuk di titah mau tp jalannya suka sempoyongan ky g seimbang ,apakah itu bermasalah? bagaimana caranya anak saya bisa cepat jalan y.

    • tips-bayi March 27, 2014 at 4:07 am #

      nico,

      Sudah duduk tegak sendiri ya.. Boleh dimulai belajar berdiri dulu, lalu jika sudah bisa berdiri tegak boleh dititah. Jika sudah bisa berdiri, teruskan untuk melatih jalan.. Bunda bisa melatihnya dengan mendorong galon yang diisi air sedikit sambil ditahan galonnya oleh Bunda agar jalannya tidak cepat cepat. Dengan begini anak memegang bagian tengah galon maka keseimbangannya akan lebih cepat baik. Atau ajak dorong-dorong kursi plastik kecil.. ;)

  21. lina March 1, 2014 at 12:03 pm #

    Ass.anak sy laki2 umurny 1 thn.untuk bb 8 kg,blm bs duduk sndr,tdk merangkak,mauny d titah terus.bicara 2 kata dah bs.pdhl dah berbagai merk suau sy cb tuk menaikan bb.awalny asi 6 bln.krn srg d tggl dia g mau asi.nyusu btl jg krg ngisap.apa.yg.mesti sy lakukan.

    • tips-bayi March 25, 2014 at 7:19 am #

      lina,

      Wa’alaikum salam..

      Untuk usia segitu coba Bunda berikan makanan padat dengan gizi seimbang yang terjadwal. Sudah biasanya jika sudah mendapat makanan padat maka nafsu minum susunya akan berkurang, wajar Bun..

      Belum bisa duduk sendiri tapi sudah duduk tegak ya Bun..? Sebaiknya hati-hati jangan dulu dititah.. kecuali memang duduknya sudah tegak lincah.. Teruskan rangsangan untuk lincah duduk dan bergerak dari duduk, sehingga nantinya siap dititah.. ;)

  22. dhina February 17, 2014 at 1:48 pm #

    berat badan anak saya lumayan gemuk,usia 16 bulan beratnya 13 kg,alhamdulillah kemarin sudah mau berjalan seharian penuh tanpa di pegangi tetapi besuk paginya sudah tidak mau jalan lagi.dorong kursi tetap mau sich……..gimana yaaaa cara mengatasinya??????mohon jawaban.terima kasih

    • tips-bayi March 6, 2014 at 8:07 am #

      dhina,

      Kecapean Bun.. lumayan berat juga kan bebannya.. Tidak apa-apa, ajak terus untuk dorong-dorong kursinya. Tentu dengan pengawasan ya Bun.. Jika kekuatan kaki dan pinggangnya sudah meningkat, maka akan suka juga jalan Bun.. :)

  23. yusmarwati dariyus February 17, 2014 at 3:43 am #

    dear tips bayi, anak saya usia 10 1/2 bulan dia merayap, kalau duduk di dudukkan bisa tinggal sendiri, tapi dia mau ditatah terus gimana tu bun

    • tips-bayi March 6, 2014 at 7:04 am #

      yusmarwati dariyus,

      Sepertinya harus sedikit sabar Bun.. sebentar lagi bayi Bunda bisa duduk tegak sendiri, nah ketika itu pinggangnya sudah cukup kuat untuk dititah.. ;)

  24. dhina February 6, 2014 at 12:42 pm #

    Anak sy 16 bln tp blm bisa jalan, duduk, merangkak dah bisa. Anakny ga bsa diem, klo jalan pengennya dipegangin trus, jalannya suka cepet2/buru2. Klo ke kursi atw tmpat tidur suka naik turun bolak balik tp dipegangin, smpe cape meganginnya, he..he.Sekarang sudah mau mendorong kursi plastik,dulu sudah sempat jalan hampir 5 langkah tapi gara2 jatuh sekarang takut buat berjalan. Gmn ya sy khawatir dgn prkmbangan anak sy, normal/tdk. Gmn cara mengatasi???.. Makasih jwbnnya

    • tips-bayi February 15, 2014 at 4:37 am #

      dhina

      Badannya tidak gemuk Bun..? Bisa karena berat badan yang berat jadi agak malas. Bolehlah kita curiga, tapi tetap jangan terlalu cemas, apalagi sampai memaksakan anak berlatih keras.
      Bunda tidak perlu buru-buru khawatir dan bersedih, karena memang ada sebagian bayi normal dan sehat yang baru bisa berjalan setelah usia 17 bulan. Jadi pada umumnya, usia anak berjalan tak terlalu jauh berkisar antara 16-20 bulan.

      Teruskan untuk melatih jalan.. Bunda bisa melatihnya dengan mendorong galon yang diisi air sedikit sambil ditahan galonnya oleh Bunda agar jalannya tidak cepat cepat. Dengan begini anak memegang bagian tengah galon maka keseimbangannya akan lebih cepat baik. Atau ajak dorong-dorong kursi plastik kecil.. ;)

  25. Anonymous January 30, 2014 at 6:43 am #

    ank pertma sy namax diego,umrnya br 10bln,gigix tmbuh 4,dy tdk bsa merangkak,kalau duduk sndri lma” jatuh,tp dy mintax d tUntUn brjalan aja,bratx 10.4kg,itu tmsuk n0rmal atau gmana ya..dtNGgu blsanx

    • tips-bayi February 15, 2014 at 3:25 am #

      Anonymous

      Teruskan untuk melatih jalan.. Bunda bisa melatihnya dengan mendorong galon yang diisi air sedikit sambil ditahan galonnya oleh Bunda agar jalannya tidak cepat cepat. Dengan begini anak memegang bagian tengah galon maka keseimbangannya akan lebih cepat baik. Atau ajak dorong-dorong kursi plastik kecil.. ;)

  26. Dian January 3, 2014 at 8:56 am #

    dear TipsBayi,,,,,

    Anak saya sudah umur 1 tahun.Tdk merangkak dan blm bs duduk sendiri.Tp kalo saya tidurin pake bantal yang agak tinggi sudah bisa duduk sendiri.Gigi sudah tumbuh 8.Apa itu masih normal?Kalo belajar jalan masih jinjit…..
    Makasih

    • tips-bayi January 8, 2014 at 6:38 am #

      Dian,

      NORMAL Bun.. masih normal.. Tidak apa-apa tidak merangkak tapi nantinya duduk tegak harus tetap ada. Gigi sudah tumbuh bagus, kaki jingjit itu kebanyakan biasanya tanda masih ragu Bun.. jangan khawatir.. jika nantinya sudah terbiasa insya Alloh akan sempurna juga jalannya.. ;)

      Perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Bunda jangan khawatir..

  27. Anonymous December 7, 2013 at 7:00 pm #

    dear tips bayi..
    baby qu 12 desember besok tepat 1 thn..
    tapi,blm bisa merangkak..dy lebih senang merayap,dy blm bisa duduk tegak,udh trus di latih duduk..tp,msh hrs di jagain,klo ngga di jagain dy sengaja ngjatohin bdn nya..
    klo pun udh bisa di lepas gag bisa lama2.dy kurang suka duduk,,normal gag ya??
    dy jg blm merangkak..
    klo didudukin dy slu cari tangan wat pegangan minta di titah2..titah udh cepet bgd,tapi blm bisa di lepas..krn blm bs berdiri tegak. .
    normal kh dgn semua ini??

    • tips-bayi December 11, 2013 at 3:25 am #

      Anonymous,

      Kemampuan bayinya baru bisa merayap NORMAL saja Bun.. Dan masih senang merayap, gak apa-apa Bun.. Merangkak memang tidak harus ada, terkadang tidak merangkak tapi ngesot atau langsung berdiri. Akan tetapi untuk duduk tegak sendiri jangan dilewati. Maksudnya, jangan sampai dilatih jalan dulu jika bayi Bunda belum bisa duduk tegak.. Jika sudah bisa duduk tegak lalu sudah bisa berdiri tegak, barulah boleh dititah berjalan.. ;)

    • fitri December 13, 2013 at 2:25 am #

      Ya bun.. Anakku jg tggl 8 kmrn satu thn,, tp blm bs mrangkak, apalg bdiri, pdhl anak ttangga blm staun udh blajar b diri sndiri.. Mdh2n g ada mslh..

      • tips-bayi December 31, 2013 at 1:34 am #

        fitri,

        Badannya tidak gemuk Bun..? Bisa karena berat badan yang berat jadi agak malas. Bolehlah kita curiga, tapi tetap jangan terlalu cemas, apalagi sampai memaksakan anak berlatih keras.
        Anda tidak perlu buru-buru khawatir dan bersedih, karena memang ada sebagian bayi normal dan sehat yang baru bisa berjalan setelah usia 17 bulan. Jadi pada umumnya, usia anak berjalan tak terlalu jauh berkisar antara 16-20 bulan.

  28. arif December 6, 2013 at 2:08 pm #

    Bunda adek saya udh berumur 2,5 tahun tapi sampei sekarang belum bisa duduk sendiri, bila dipegangkan dengan sesuatu gak mau, didudukan belum terlalu seimbang(pas didudukan biasax dia sukax merunduk). tapi kalo dititah dia mau jalan. tolong bun solusix. kasian anak saya. sama minta doax ya biar adek saya cepat sembuh.

    • tips-bayi December 10, 2013 at 8:00 am #

      arif,

      Amiin.. mudah-mudahan adek Arif cepat sembuh dan perkembangannya sesuai yang kita harapkan.. :)

      Tetaplah kita jangan putus asa untuk membantu merangsang dan memotifasi agar adik bisa cepat berkembang kemampuannya. Dan alangkah baiknya jika adik Arif dibawa diperiksakan ke dokter spesialis anak, agar diagnosanya diketahui dengan tepat.

      Tetaplah berusaha dan do’a..

      • Anonymous December 19, 2013 at 5:30 am #

        Bunda anak saya tgl 3 besok 14bln, tapi blom jg bisa brjalan. Dia ngesot bun. Untuk duduk sendiri dia blom bisa, tpi jika di dudukan, sdh tegak dan tidk perlu dijaga. Apa ini normal bun. Trimakasih bun

        • tips-bayi January 3, 2014 at 3:32 am #

          Anonymous,

          Masih NORMAL Bun.. jangan khawatir.. Merangkak memang tidak harus ada, terkadang tidak merangkak tapi ngesot atau langsung berdiri. Akan tetapi untuk duduk tegak sendiri jangan dilewati. Maksudnya, jangan sampai dilatih jalan dulu jika bayi Bunda belum bisa duduk tegak.. Jika sudah bisa duduk tegak lalu sudah bisa berdiri tegak, barulah boleh dititah berjalan.. ;)

  29. ochid November 25, 2013 at 1:05 pm #

    Anakku cewek umur 13 bln,bb ny lmyn bsar,sdh mau dititah jalan,tp badannya blm seimbang,minta sarannya untuk melatih keseimbangan badannya,makasih

    • tips-bayi November 28, 2013 at 4:08 am #

      ochid,

      Teruskan untuk melatih jalan.. Bunda bisa melatihnya dengan mendorong galon yang diisi air sedikit sambil ditahan galonnya oleh Bunda agar jalannya tidak cepat cepat. Dengan begini anak memegang bagian tengah galon maka keseimbangannya akan lebih cepat baik. Atau ajak dorong-dorong kursi plastik kecil.. ;)

      • Anita January 16, 2014 at 6:37 am #

        klo anak’q dia 13 bulan sdh bisa duduk tegak dan berdiri,klo jalannya pelan bisa tp dia senengnya lari jadi aq belum berani melepas tangannya,,,gimana caranya agar anak bisa berjalan pelan2 dan teratur ya bunda,,,

        • tips-bayi January 25, 2014 at 8:02 am #

          Anita,

          Nantinya anak akan bisa mengkontrol sendiri, untuk saat ini hanya luapan semangat saja yang bisa diikuti oleh anak Bunda.. belum bisa kontrol. Bunda coba untuk tidak dititah tapi biarkan anak Bunda mendorong galon air mineral yang galonnya ditahan sedikit oleh Bunda dan jangan terlihat. Jadi anak merasa tidak dipegangi, dengan demikian anak akan terlatih mengkontrol beban dan kecepatan sendiri.. Selamat mencoba.. ;)

  30. sierra November 25, 2013 at 12:27 pm #

    Mau Tanya nich bun….ank sya umr 14 bulan tpi blom bsa Jln…kdg2 manta brpegangan trs tb2 brdri sndiri tp g lma kdg 3-5 mnit trs jtuh lage..pdhl seumuran dia yg lhrnya sma dh jln,apa nich pngruh sma brat bdannya y bun …

    • tips-bayi November 26, 2013 at 6:12 am #

      sierra,

      Bayi Bunda gemuk ya..? :)
      Ya Bun.. berat badan bisa berpengaruh juga, dan Perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.. Ada yang cepat di awal dan ada yang di akhir, termasuk berjalan atau kemampuan kognitif lainnya.. ;)

      Teruskan untuk melatih jalan.. Bunda bisa melatihnya dengan mendorong galon misalnya..tapi sambil ditahan galonnya oleh Bunda agar jalannya tidak cepat cepat..

    • sierra November 30, 2013 at 1:25 pm #

      OK bun thanxz at as srnnya

  31. bunda ahsa November 21, 2013 at 6:13 am #

    Anak saya baru berusia 7 bulan, belum bisa merangkak dan juga blm bisa duduk sendiri, tetapi udh minta ditatih, kl naik tangga kakinya udh bisa ngangkat dgn tinggi (setinggi tangga), anaknya jg sering minta ditatih, apakah anak dgn usia 7 bln udh blh ditatih ? Kl blm, gimana solusinya. Terimakasih atas sarannya.

    • tips-bayi November 22, 2013 at 4:07 am #

      bunda ahsa,

      Sebaiknya jika belum bisa merangkak dan duduk tegak sendiri jangan dititah atau didirikan dulu.

      Merangkak merupakan transisi antara duduk dan berdiri ini, tidak harus ada pada setiap bayi. Ia bukan milestone atau tonggak penting perkembangan, seperti halnya duduk ataupun berdiri yang memang harus ada.

      Latih saja untuk duduk sendiri.. jangan tergesa-gesa.. Masih normal kok Bun.. ;)

  32. fenny November 13, 2013 at 7:08 pm #

    bun..bayi ku umurnya skrng 7 bln aktif sekali..dia selalu punya semangat tinggi untuk belajar…sekarang sudah bsa duduk tegak, merangkak, meninggikan kaki dan pantatnya, menekuk lutut nya dan dia udah bsa berdiri sendiri dengan berpegangan pada kursi, sekarang dia maunya berdiri trs jalan…di usia nya skrng apa gak terlalu cepat untuk belajar jalan..aku takut ada bagian tubuhnya yg blm kuat tp aku liat semangat nya tinggi untuk bsa berdiri dan jalan..mohon info nya ya bun..tks

    • tips-bayi November 18, 2013 at 3:33 am #

      fenny,

      Yang penting jangan ada rangsangan yang sifatnya memaksa untuk latihan bisa berjalan cepat. Ikuti naluri bayi secara alami. Ketika bayi sudah merasa siap untuk berdiri, Anda tidak perlu cemas, karena sebetulnya hal ini tidak berbahaya. Anak tidak akan berdiri, kalau motoriknya memang belum kuat. Memang rata-rata bayi muali belajar jalan sejak diatas usia 9 bulan.. ;)

  33. Bunda Devan November 4, 2013 at 3:34 am #

    putra ku devan udah 1 tahun lebih 1 bulan tp belum bisa duduk sendiri didudukin udah kuat,merangkak jg belum,kalo di dirikan sambl dipegangi,kakinya udah kuat napak tp kalo ditanah gak mau..sukanya nonton iklan bayi di tv,trus gi2nya jg udah tumbuh banyak bhkan gi2 grahamnya pun udah tumbuh semua..Apakah smua ini normal?smua cra sdh sy lakukan agr dy mau duduk sendiri,merangkak,tp dy te2p aja gk mau…bgaimana solusinya?trima ksh jawbnya.

    • tips-bayi November 6, 2013 at 7:21 am #

      Bunda Devan,

      Sebaiknya Devan jika belum bisa duduk tegak sendiri jangan dititah atau didirikan dulu.

      Merangkak merupakan transisi antara duduk dan berdiri ini, tidak harus ada pada setiap bayi. Ia bukan milestone atau tonggak penting perkembangan, seperti halnya duduk ataupun berdiri yang memang harus ada.

      Pendek kata, merangkak tak dipakai sebagai suatu patokan penting untuk pertumbuhan. “Bukan sebagai kunci penting. Ada anak yang tanpa merangkak dan langsung berdiri juga boleh-boleh saja.”

      Latih saja untuk duduk sendiri.. jangan tergesa-gesa.. Masih normal kok Bun.. ;)

  34. Rian Gustia October 17, 2013 at 6:48 am #

    Dear tips bayi, Anak pertama saya umur 18bulan belum bisa berjalan, tp udh bisa berdiri sendiri walaupn di bantu dg memegang kursi atw meja.. Bgtu jg di meja.. Pegangan di meja smbil di kelilingi.. Dan anak saya sukany sandaran di dinding,, klau di tatih jalannya laju.. Begitu di lepas eh langsung jongkok.. Klau mau berdiri sendiri t npa pegangan pasti yg ada malah nungging2.. Itu gmn solusiny ? Apa masih normal ??

    • tips-bayi October 22, 2013 at 5:08 am #

      Rian Gustia,

      Hmm.. :)
      NORMAL Bun.. Jangan khawatir.. Terus saja Bunda melatihnya dengan mendorong galon misalnya atau kursi plastik.. tapi sambil ditahan galon atau kursinya oleh Bunda agar jalannya tidak cepat cepat.
      Sepertinya tidak lama lagi insya Allah anak Bunda akan bisa jalan sendiri.. ;-)

    • Rini Nugroho October 31, 2013 at 8:49 am #

      Bun mau tanya anak saya umurnya 6m 20d, apakah sudah boleh dititah, soalnya kalo dia berdiri pasti mau melangkah, dia blm bisa merangkak bun, terima kasih.

  35. lily October 14, 2013 at 5:01 pm #

    Saya mauu tanyk mbk, anak saya sdh 11 bln tapi belum ?i?? merangkak,duduk sendiri sdh ?i?? tp klo ada sandaran nya,dari tengkurep sdh ?i?? duduk sendiri,sering posisi nya dari tengkurep seperti mauu merangkak, tapi tdk jadi ?ªª d tengkurepin dan merayap lagi mbk,apakah itu masih termasuk normalkah mbk??dan stimulasi apa ?ªª mbk yangg ?i?? saya berikan pada ank saya agk cepat perkembangan nya dan cepat berjalan.mhon d jawab ?ªª mbk,terima kasih

    • tips-bayi October 21, 2013 at 5:53 am #

      lily,

      Bayi Bunda NORMAL.. Perkembangan kemampuan bayi, misalnya tengkurep, duduk atau berjalan sifatnya individual berbeda bayi satu dengan yang lainnya, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.. Ada yang cepat di awal-awal atau juga ada yang cepat di kemudian harinya.. Jadi jangan terlalu khawatir Bun.. ;)

      Selain terus berinteraksi memberikan rangsangan, juga Bunda bisa pijat secara teratur

  36. ayu September 30, 2013 at 2:19 pm #

    dear tips bayi
    Anaku laki2 usia 12 bulan,tp dy blm bs duduk sendiri,merangkak,apalagi berdiri dan jalan sendiri..tapi kalo di dudukin udah kuat..
    Apakah ini normal,,gmn solusinya..Dia sukanya nonton iklan di tv,apakah baik untk bayi.

  37. ayu September 30, 2013 at 2:18 pm #

    dear tips bayi
    Anaku laki2 usia 12 bulan,tp dy blm bs duduk sendiri,merangkak,apalagi berdiri dan jalan sendiri..tapi kalo di dudukin udah kuat..
    Apakah ini normal,,gmn solusinya..

    • tips-bayi October 4, 2013 at 6:01 am #

      ayu,

      Didudukin bisa ya.. Insya Alloh NORMAL Bun.. Perkembangan kemampuan bayi, misalnya tengkurep, duduk atau berjalan sifatnya individual berbeda bayi satu dengan yang lainnya, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.. Ada yang cepat di awal-awal atau juga ada yang cepat di kemudian harinya..

      Bantu terus dengan cara rangsang bayi Bunda untuk lebih aktif lagi.. Contoh agar bayi mau duduk sendiri, bantulah bayi agar bisa duduk sendiri. Mula-mula bayi didudukkan di kursi dengan sandaran agar tidak jatuh kebelakang. Ketika bayi dalam posisi duduk, beri mainan kecil ditangannya. Jika bayi belum bisa duduk tegak, pegang badan bayi. Jika bayi bisa duduk tegak, dudukkan bayi di lantai yang beralaskan selimut, tanpa sandaran atau penyangga.. ;)

      Melatih merangkak.. Dalam posisi duduk tegak, letakkan benda kecil seperti remah-remah makanan atau potongan-potongan biskuit di hadapan bayi. Ajari bayi mengambil benda-benda tersebut. Jika bayi telah mampu melakukan hat ini, jauhkan pil, obat dan benda kecil lainnya dari jangkauan bayi.

      Untuk melatih jalan.. Jika sudah bisa berdiri, bunda bisa melatihnya dengan mendorong galon misalnya..tapi sambil ditahan galonnya oleh Bunda agar jalannya tidak cepat cepat.

      Nonton TV kurang baik untuk anak Bun.. ;)

  38. Anonymous September 8, 2013 at 1:24 pm #

    Anak saya sudah berumur 11 bulan,tapi belum merangkak,duduk,berdiri,jalanpun belum. Giginya pun juga belum tumbuh 1pun. Sampai sekarang masih merayap.apa hal itu masih normal? Padahal pijat juga rutin,

    • tips-bayi September 16, 2013 at 9:52 am #

      Anonymous,

      Perkembangan kemampuan bayi, misalnya tengkurep, duduk atau berjalan sifatnya individual berbeda bayi satu dengan yang lainnya, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.. Ada yang cepat di awal-awal atau juga ada yang cepat di kemudian harinya.. Merayap bisa tanda insya Alloh NORMAL.. Berikan terus motifasi dan rangsangan.

      Termasuk pertumbuhan gigi, pertumbuhan gigi pada setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan gigi yang sama, meskipun kakak beradik sekalipun. Faktor keturunan sangat berpengaruh.. ;-)

      Apabila pada usia 14 bulan belum ada tanda tumbuh gigi barulah Bunda konsultasi dengan dokter ahli gigi.

  39. sisca September 6, 2013 at 3:03 am #

    dear tips bayi, anak say umur 15 bulan belum jg bisa berjalan tp berdiri sendiri udh bisa tapi kalau disuruh melangkah dia masih takut masih gak mau.sedangkan kalau ada temen2 yang sepantara ya berjalan dia minta di tatih.bagaimana ya solusi ya.trism

    • tips-bayi September 11, 2013 at 5:36 am #

      sisca

      * Kalau lincah bayinya Bunda jangan khawatir.. ;-)
      Buah hati Bunda masih NORMAL.. hanya kurang motifasi saja.. masih takut, sabar saja ya Bun….segala sesuatu ada waktunya…;-)
      Terus saja Bunda melatihnya dengan mendorong galon misalnya..tapi sambil ditahan galonnya oleh Bunda agar jalannya tidak cepat cepat.
      Sepertinya tidak lama lagi insya Allah anak Bunda akan bisa jalan sendiri.. ;-)

  40. novie August 15, 2013 at 3:47 am #

    dear tips bayi… minal aidin wal faizin
    anak kami laki-laki umur 11 bulan dia blum bisa jalan sendiri kalau pegangan dgn sesuatu, baru dia mau jalan kalau diajari jalan satu atau dua langkah dia duduk, apakah masih normal…??? anak saya sudah pnya gigi 2 diatas 2 dibawah, kata orang kalau duluan gigi yang tumbuh berjalannya lambat apa benar..???
    makasih…

    • tips-bayi August 20, 2013 at 3:13 am #

      novie,

      Sama-sama Bun.. Taqoballohu Minna Waminkum.. :-)

      Hmm.. baru 11 bulan, belum telat dan NORMAL bun.. Jangan khawatir.. Tidak selalu kalau tumbuh gigi lebih dulu bisa telat jalan, kadang ada yang keduanya telat atau jalan dulu baru gigi, atau keduanya berbarengan.. Jadi, perkembangan kemampuan setiap bayi itu berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan…

  41. anggie August 8, 2013 at 3:42 pm #

    bund, anak saya 1 agustus kmren 1 tahun namun belum mau merangkak apalagi berjalan. Ngomong cuma bilang mama sama maem. Sering posisi mau merangkak namun dijatuhkan lagi badannya dan lebih suka merayap. normal ga bund? soalnya saya dah takut banget dan badannya juga agak membungkuk kalo didudukkan. Ciri2 kalo ada kelainan apa ya bund? Mohon jawabannya. Terima kasih

    • tips-bayi August 12, 2013 at 3:58 am #

      anggie,

      Belum merangkak juga ya..? Sebenarnya Bunda juga tidak harus khawatir. Perkembangan kemampuan setiap bayi itu berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan… Dan bahkan terkadang ada juga yang tidak melalui tahapan yang biasa. Misalnya tidak merangkak tapi langsung berdiri dan berjalan. Ada juga yang ngesot tidak merangkak.. Jadi setiap bayi akan berbeda.. terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. Keturunan sangat berpengaruh..

      Merangkak merupakan transisi antara duduk dan berdiri ini, tidak harus ada pada setiap bayi. Ia bukan milestone atau tonggak penting perkembangan, seperti halnya duduk ataupun berdiri yang memang harus ada.

      Pendek kata, merangkak tak dipakai sebagai suatu patokan penting untuk pertumbuhan. “Bukan sebagai kunci penting. Ada anak yang tanpa merangkak dan langsung berdiri juga boleh-boleh saja.” :-)

      Bayi Bunda sedang senang merayap.. biarkan saja Bun.. berikan rangsangan untuk duduk sendiri, kalau postur bayi agak bungkuk memang begitu bun.. duduknya belum tegak kan..?

      Ajaklah terus berbicara setiap saat. Usahakan kita lebih aktif merangsangnya.. Jika dalam beberapa bulan ke depan tidak ada perkembangan kemampuan pada bayi Bunda, Bunda bisa bawa ke DSA untuk konsultasi dan periksakan kesehatan bayi Bunda..

  42. uly a July 24, 2013 at 5:40 pm #

    anak saya 15 bln, blm bs berjalan. tapi sdh bs berdiri, duduk sendiri, dan suka di titah. dia jg sdng blajar merambat. tp dia gak mau klo dorong2 galon. saya sering memberi motivasi dan pujian2. dl k2knya lancar berjalan usia 13bln dan sering latihan mendorong. stimulus apa lg yg hrus sy berikan?thanks

    • tips-bayi July 29, 2013 at 6:37 am #

      uly a,

      Yang sudah Anda lakukan sudah benar.. tinggal sabarnya saja.. :-)
      Jika sudah waktunya akan jalan juga Bun..

      Perkembangan fisik dan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan yang sama, meskipun kakak beradik sekalipun. Selain karena BB, faktor keturunan juga sangat berpengaruh.. ;-)

  43. nabilla July 18, 2013 at 3:55 pm #

    anak saya riffad 15 bulan blm bisa berjalan lancar, 4 langkah sudah bisa kemudian jatuh lagi . mendorong box mainannya mau, berdiri sambil joged2 bisa, turun dari tempat tidur bisa sendiri , selain itu jg cerewet , bisa bicara apa , mama , alhamdulillah lahhnya aja , 123 ga nya aja , mam, menunjuk sesuatu dn hrs kita jwb . skrng giginya sedang tumbuh lagi diatas 3 . normalkah? saya sgt khawatir . . terima kasih

    • tips-bayi July 23, 2013 at 2:11 am #

      nabilla

      * Kalau lincah bayinya Bunda jangan khawatir.. ;-)
      Buah hati Bunda masih NORMAL.. hanya kurang motifasi saja.. masih takut, sabar saja ya Bun….segala sesuatu ada waktunya…;-)
      Terus saja Bunda melatihnya dengan mendorong galon misalnya..tapi sambil ditahan galonnya oleh Bunda agar jalannya tidak cepat cepat.
      Sepertinya tidak lama lagi insya Allah anak Bunda akan bisa jalan sendiri.. ;-)

  44. Nurshanty June 28, 2013 at 3:42 am #

    Dear tips bayi, alhmdulillah skarang anak sy sudah bisa latihan jalan ga dipegang, 3 sampe 4 langkah bisa lah klo dilepas, tp jalannya tuh masih sempoyongan & slalu cepet2 jlnnya kayak mau lari aja. Knp ya, apa karena blm bisa mnjaga keseimbangan?. Normal tidak?

    • tips-bayi June 29, 2013 at 12:26 am #

      Nurshanty,

      NORMAL Bun.. Terus saja Bunda melatihnya dengan mendorong galon misalnya..tapi sambil ditahan galonnya oleh Bunda agar jalannya tidak cepat cepat.
      Sepertinya tidak lama lagi insya Allah anak Bunda akan bisa jalan sendiri.. ;-)

  45. irfan June 14, 2013 at 5:55 am #

    anak saya sudah berumur 11 bulan, tapi belum juga bisa berjalan…apa tidak masalah…?

    • tips-bayi June 18, 2013 at 7:54 am #

      irfan

      Jangan khawatir Bun.. Perkembang setiap bayi itu berbeda , ada yang cepat ada yang lambat.
      Bunda latih terus bayinya dengan mencoba tips sederhana untuk mengajari bayi Bunda jalan dengan cepat.. Ajarkan bayi Bunda berjalan dengan mendorong kursi plastik kecil atau galon air mineral besar.. Dengan begini maka bayi Bunda akan lebih termotifasi untuk cepat belajar jalan.. Akan tetapi HARUS selalu Bunda dampingi..

  46. ibu sukarno June 13, 2013 at 1:12 pm #

    Mau nanya dok, anak sy mau 17 bl tp Blm bs jln, sukanya berdiri senderan ditembok sambil joged joged, mainan jg sambil berdiri tp klop disuruh melangkah takut apa msh normal? Mohon penjelasan

    • tips-bayi June 18, 2013 at 3:31 am #

      ibu sukarno,

      Kalau sudah bisa berdiri dan joged Bunda jangan khawatir.. ;-)
      Buah hati Bunda masih NORMAL.. hanya kurang motifasi saja.. masih takut, sabar saja ya Bun….segala sesuatu ada waktunya…;-)
      Terus saja Bunda melatihnya dengan mendorong galon misalnya..tapi sambil ditahan galonnya oleh Bunda agar jalannya tidak cepat cepat.
      Sepertinya tidak lama lagi insya Allah anak Bunda akan bisa jalan sendiri.. ;-)

  47. ristan thia May 31, 2013 at 8:42 am #

    anak sy skr usianya 15 bulan, tp blm bs jalan dengan lancar klo jalan mintanya pegangan jari saya, klo dilepas bisalah jalan beberapa langkah saja kemudian dia duduk, apakah ini normal???

    • tips-bayi June 1, 2013 at 1:38 am #

      ristan thia,

      Masih NORMAL Bun.. Insya Allah tidak akan lama lagi buah hati Bunda akan bisa berjalan.. ;-)
      Bunda bisa mencoba tips sederhana untuk mengajari bayi Bunda jalan dengan cepat.. Ajarkan bayi Bunda berjalan dengan mendorong kursi plastik kecil atau galon air mineral besar.. Dengan begini maka bayi Bunda akan lebih termotifasi untuk cepat belajar jalan.. Akan tetapi HARUS selalu Bunda dampingi..

  48. indi May 28, 2013 at 6:18 am #

    Anak sy usia 14 bln..saat ni msh seneng dorong2 kursi n blajar berdiri sndr tanpa pegangan.tp dia kliahatan takut utk melangkahkan kaki a..jika sy ddpn a,dia hy brjlan 2-3 langkah n lgsg menjatuhkn bdn a.sy takut p’kembangan a trlambat krn ank sy saat lahir mengalami CTEV n sdh dioprasi saat usia 6bln.mohon djwb..trimakasih

    • tips-bayi May 31, 2013 at 7:49 am #

      indi

      Tumbuhkan kepercayaan diri anak Anda dengan selalu memberikan semangat berlatih dengan tidak ada paksaan. Dampingi dan berikan semangat terus, selalulah konsultasi dengan dokter anak Anda yang menangani.

      Usia segitu sudah bisa berdiri sendiri dan dorong-dorong kursi ini menandakan kemajuan perkembangan yang bagus.. Sabarlah untuk selalu mendampinginya, seluruh anggota keluarga harus dibekali dengan edukasi yang cukup tentang hal ini. Maka selalu sharinglah dengan anggota keluarga setelah konsultasi dengan dokter anak Anda.. ;-)

  49. novita May 16, 2013 at 2:37 am #

    bun, anak saya umur 1 tahun 4 bulan tapi belum berjalan, anak saya sudah bisa berdiri tatih satu tangan. tapi kalau berdiri sendiri di suruh jalan pasti menangis seperti takut,,gimana cara mengatasinya bun?

    • tips-bayi May 21, 2013 at 5:00 am #

      novita

      Sepertinya percaya dirinya belum maksimal.. Tidak mengapa Bun.. ;-)

      Jika bayi Bunda sudah bisa demikian, Bunda bisa mencoba tips sederhana untuk mengajari bayi Bunda jalan dengan cepat.. Ajarkan bayi Bunda berjalan dengan mendorong kursi plastik kecil atau galon air mineral besar.. Dengan begini maka bayi Bunda akan lebih termotifasi untuk cepat belajar jalan.. Akan tetapi HARUS selalu Bunda dampingi..

  50. ratna April 8, 2013 at 7:03 am #

    bund mau berbagi pengalaman yaa…anakku cewek pd usia 10 bln udh bs berdiri n duduk lg dgn mahir 11 bln akhir dia bs jln 1-2 langkah..dia tdk mau tetah, awal dia bs jln krn dia sy contohkan bgmn proses berjalan dr duduk berdiri dan jalan sambil sy berjalan dan ngasih aba2 satu-dua-saru- dua gt seterusnya,,awalnya dia merhatiin aja,,tp beberapa hari kemuadian dia sdh bs meniru jalan sendiri satu dua langkah,…smg bermanfaat..

  51. Riana March 22, 2013 at 2:26 pm #

    Bunda, saya mau nanya. Anak saya umrnya udh 1 thun 8 bln. Dia sudah bisa berjalan tp msih harus tetap memegang jari atau tangan saya. Kalau dilepaskan, anak saya ga berani lg melangkah. Dia lgsung terduduk. Apa mmg keseimbangannya blm bgus y? Atau gmn itu bun? Tlg sarannya y. Terimakasih.

    • tips-bayi March 23, 2013 at 3:15 am #

      Riana,

      Sepertinya percaya dirinya belum maksimal.. Tidak mengapa Bun.. ;-)

      Jika bayi Anda sudah bisa demikian, Anda bisa mencoba tips sederhana untuk mengajari bayi Anda jalan dengan cepat.. Ajarkan bayi Anda berjalan dengan mendorong kursi plastik kecil atau galon air mineral besar.. Dengan begini maka bayi Anda akan lebih termotifasi untuk cepat belajar jalan.. Akan tetapi HARUS selalu Anda dampingi..

  52. purwanti February 26, 2013 at 5:54 am #

    Anakku akhir bulan ini 16 bln. Belum bisa jalan, dia hanya jalan merembet di tembok dan jalan dgn dorong kursi. Dititah gak mau lg, pdhl sebelumnya suka dititah. Knapa ya? Stimulasi aplg yg mesti sy berikan? Trima kasih atas jawabannya

    • tips-bayi February 28, 2013 at 12:13 am #

      purwanti

      Belajar jalan dengan mendorong kursi sudah benar Bun.. dampingi saja terus dan beri semangat.. ;-)

      Pada intinya Bunda jangan khawatir.. masih normal kok.. tidak terlambat.. Perkembangan kemampuan setiap bayi itu berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan… Termasuk jalan.

      Biarkan saja Bun..kalau anaknya mau merambat berarti mau mandiri.. ;-)

      • purwanti March 14, 2013 at 7:03 am #

        Skrg udah 16 bln. Anakku slain dorong2 kursi dan merambat di tembok, juga suka sender di tembok punggungnya, trus jalan ke kiri kanan. Ditetah makin gak mau. Apa anakku tipe anak yg sgt hati hati ya. Perkembangan verbalnya sih bagus, omongnya udah banyak kosa katanya. Kalo minta sesuatu jg bilang apa yg diinginkan. Minta maem, minum, bobo dll. Saya jadi kepikiran terus. Apa anakku belum pede aja ya. Thx infonya dok

        • tips-bayi March 20, 2013 at 3:05 am #

          purwanti

          Belajar jalan dengan mendorong kursi sudah benar Bun.. dampingi saja terus dan beri semangat..

          Pada intinya Bunda jangan khawatir.. masih normal kok.. tidak terlambat.. Perkembangan kemampuan setiap bayi itu berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan… Termasuk jalan.

          Biarkan saja Bun..kalau anaknya mau merambat berarti mau mandiri..

  53. Merry February 8, 2013 at 9:52 am #

    Mau tanya bun,anak saya umur 12 bulan baru tumbuh gigi nya 2 yang bagian bawah itu apa lambat perkembangan nya bun,dan juga belum bisa jalan.

    • tips-bayi February 8, 2013 at 1:00 pm #

      Merry

      Hmm…belum tumbuh lagi giginya..? jangan khawatir Bun..karena perkembangan dan kemampuan setiap bayi berbeda, termasuk pertumbuhan gigi,
      kadang ada yang cepat ada yang lambat untuk tumbuh gigi berikutnya. Bagaimana dengan pertumbuhan gigi Bunda dan suami..? karena keturunan juga
      sangat berpengaruh…;-)

      Pada intinya Bunda jangan khawatir.. masih normal kok.. tidak terlambat.. Perkembangan kemampuan setiap bayi itu berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan… Termasuk jalan.

      Belajar jalan dengan mendorong kursi plastik itu lebih baik dari pada belajar dengan menggunakan baby walker.. Cara yang tepat..

  54. anin January 15, 2013 at 1:21 am #

    anak saya sekarang usia 8.5 bulan, udah bisa duduk sendiri dan merayab diatas perutnya kesekeliling ruang tamu, yg jadi pertanyaan sy apakah tidak jd masalah buatnya karena dari uasia 4 bulan anak sy sudah didudukkan sambil bongkar mainan dan dia lebih suka duduk ketimbang ditidurkan, terus sy liat duduk nya agak bungkuk apakah itu faktor terlalau cepat dan sering di dudukkan belum waktunya??? apakah itu normal bunda…

    • tips-bayi January 16, 2013 at 4:33 am #

      anin,

      Duduknya bungkuk atau bentuk punggung yang bungkuk..? Sebaiknya memang ketika usia 4 bulan duduknya bersandar dulu, jika sekarang duduknya terlihat masih bungkuk bisa saja itu hanya kebiasaan bayi Anda, dan bukan bentuk punggung yang bungkuk, masih NORMAL..
      Mulai saat ini, Bunda berikan rangsangan secara bertahap sesuai dengan tahapan usianya.. ;-)

      Perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan..

  55. tips-bayi January 14, 2013 at 3:06 am #

    panggeran

    Pada intinya Bunda jangan khawatir.. masih normal kok.. tidak terlambat.. Perkembangan kemampuan setiap bayi itu berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan…

    Belajar jalan dengan mendorong kursi plastik itu lebih baik dari pada belajar dengan menggunakan baby walker.. Cara yang tepat..

  56. lidia January 9, 2013 at 6:45 am #

    Mau tanya,,mmg kl berlatih berjalan pakai baby walker knp bund?? Ko tidak baiknya gmn?? Msh blm paham?? Ada artikel ttg baby walker??

  57. agnes January 2, 2013 at 2:41 am #

    si bungsu berumur 13 bulan, baru bisa jalan sambil pegang ujung meja ataupun dorong2 kursi kecil smbil jalan. kalo jalan sendiri blm bisa. jga baru belajar lepas tangan. apa lambat ya Bun? makasih

    • tips-bayi January 5, 2013 at 4:12 am #

      agnes,

      Pada intinya Bunda jangan khawatir.. masih normal kok.. tidak terlambat.. Perkembangan kemampuan setiap bayi itu berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan…

      Belajar jalan dengan mendorong kursi plastik itu lebih baik dari pada belajar dengan menggunakan baby walker.. Cara yang tepat.. ;-)

  58. sandra November 22, 2012 at 3:35 am #

    Putri ku umur 10 bulan, tp belum mau merangkak, ternyata masih normal yah? Aku sudah was-was. Terima kasih untuk saran nya, yang penting sabar yah!

    • tips-bayi November 26, 2012 at 2:55 am #

      @ sandra,

      Ya Bunda.. masih NORMAL kok.. sabar ya Bun.. ;-)

  59. husnul November 5, 2012 at 3:23 am #

    bayi saya usianya 9 bulan, belum merangkak ( suka mengangkat badannya seperti posisi mau merangkak tapi di jatuhkan lagi badannya dan masih merayap ) dan belum bisa duduk sendiri ( dibantu klo duduk) , tapi udah suka naik-naik ke badan ( stengah berdiri ) kira2 perkembangan seperti itu baik atau tidak ya???

    • tipsbayi November 5, 2012 at 11:38 pm #

      @husnul,

      Terus saja dilatih dan diberi semangat Bun, karena memang sebagian bayi perkembangannya lebih lambat dibandingkan sebagian lainnya. Adakan permainan yang menyenangkan dan bisa merangsang perkembangan motoriknya…

  60. Anonymous October 31, 2012 at 8:49 am #

    tips…mau tanya ya.ank qu umurnya sdh 10 bln,tp smpe skr giginya blm tumbuh satu pun,ank sy jg klo di posisi brdiri kakinya blm mau menapak ke bwh…itu knp ya tips??dan dy jg ga mw merangkak.apa ada mslh pd perkembangan ank sy?sy khawatir skali..mohon di bls ya tips..trimaksh

    • tipsbayi November 1, 2012 at 2:11 am #

      @angghy,

      Dilatih terus saja Bun dengan penuh kesabaran. Jangan terus-terusan digendong, berikan rangsangan positif agar dia terus berkembang. Kalau memang perkembangannya masih sangat lamban, Bunda bisa konsultasikan langsung dengan dokter…

  61. nandea October 28, 2012 at 2:02 pm #

    deartipsbayi
    anaksya mau usia 1,5 tahun tpi knpablum bsa berjalan ya?????
    dan kaloseandainya d paksa jalan apakibaty???

    • tipsbayi November 1, 2012 at 1:46 am #

      @nandea,

      Jangan dipaksa berjalan Bun, tapi ‘dilatih’, sesuaikan dengan kemampuannya, dan ditingkatkan terus. Jangan terus-terusan digendong, dan yang penting… harus sabar.

  62. Putries October 17, 2012 at 2:23 am #

    Bimbi sekarang udah bisa jalan, tapi masih manja banget minta’y ditatih terus karena mungkin dia masih takut. Untuk dia jalan sendiri tanpa bantuan tangan mommy / ayah’y itu harus sabar banget, alhamdulillah lama2 Bimbi sudah mau jalan sendiri tanpa bantuan lagi. :D

    • tipsbayi October 17, 2012 at 3:59 am #

      @Putries,

      Yey!

      • Nurshanty June 4, 2013 at 10:52 pm #

        Anak sy 17 bln tp blm bisa jalan, duduk, merangkak dah bisa. Anakny ga bsa diem, klo jalan pengennya dipegangin trus, jalannya suka cepet2/buru2 jd jalannya jinjit, tp klo jlnny pelan2 ga jinjit. Klo ke kursi atw tmpat tidur suka naik turun bolak balik tp dipegangin, smpe cape meganginnya, he..he. Ada galon besar bukannya didorong malah dinaikin. Gmn ya sy khawatir dgn prkmbangan anak sy, normal/tdk. Gmn cara mengatasi jalan jinjitnya.. Makasih jwbnnya

        • tips-bayi June 8, 2013 at 2:37 am #

          Nurshanty,

          Wah.. NORMAL Bun.. Tidak apa-apa.. kita harus sabar saja menitahnya, bimbing untuk belajar mendorong galonnya. Sambil ditahan galonnya oleh kita agar jalannya tidak cepat-cepat. Sepertinya tidak lama lagi insya Allah anak Bunda akan bisa jalan sendiri.. ;-)

          • Nurshanty June 28, 2013 at 3:49 am #

            Dear tips bayi, alhmdulillah skarang anak sy sudah bisa latihan jalan tanpa dipegang, 4 sampe 5 langkah bisa lah klo dilepas. Tp jlnnya masih sempoyongan & jlnnya slalu cpet2 kayak mau lari aja. Knpa ya, apa karna blm bisa menjaga keseimbangannya?, normal tidak?. Thanks tips bayi…^_^

Leave a Reply