Makanan Ibu Menyusui

makanan ibu menyusuiBanyak ‘ibu baru’ yang bingung harus makan apa selama periode menyusui buah hatinya.

Apa saja sih yang sebaiknya dikonsumsi agar ASI melimpah?

Apa saja sih yang tidak boleh dimakan?

Inilah pertanyaan yang kerap dilontarkan oleh para ibu baru ini. Nah, kali ini mari kita menyimak berbagai informasi penting seputar makanan ibu yang menyusui…

Pola Makan Seimbang

Banyak para ibu yang tidak merasa penting untuk menjaga pola makannya selama menyusui. Sebagian mengatakan, “Ah, walaupun saya makan tidak teratur, ASI saya tetap keluar kok…!”

Memang inilah keajaiban ASI… walaupun sang ibu pola makannya tidak teratur, ASI tetap bisa menjadi asupan yang bernutrisi lengkap untuk bayi.

Namun demikian, jika Anda seorang ibu yang menyusui dan makanan yang Anda konsumsi mengandung kalori yang kurang, atau mungkin Anda hanya mengkonsumsi jenis makanan tertentu saja karena tidak menyukai jenis makanan lainnya misalnya, maka pola seperti ini juga dapat mempengaruhi kuantitas dan kualitas ASI yang Anda keluarkan.

Contoh yang banyak ditemui adalah ketidaksukaan sebagian ibu terhadap sayuran. Ini sebenarnya tidak baik, karena mempengaruhi kualitas ASI yang dikeluarkan untuk si kecil.

Dan tidak hanya itu, kalau pola makan Anda tidak seimbang, maka tubuh Anda yang akan menderita, karena ia telah bekerja keras memproduksi ASI, serta melakukan berbagai macam aktifitas dalam rangka merawat bayi Anda.

Jangan Tergesa-gesa Menurunkan Berat Badan

Jika Anda seorang ibu yang baru saja melahirkan, mungkin salah satu kekhawatiran yang muncul adalah masalah berat badan setelah kehamilan. Namun demikian, Anda sebaiknya berhati-hati jika ingin menurunkan berat badan setelah kelahiran si kecil, terutama pada masa 2 bulan pertama setelah melahirkan.

Sebagian ibu terlalu bersemangat menurunkan berat badannya untuk sampai kepada kondisi seperti sebelum kehamilan, namun yang terjadi adalah turunnya stamina dan berkurangnya produksi ASI. Oleh sebab itu, jika Anda ingin menurunkan berat badan pasca kelahiran bayi Anda, sebaiknya Anda melakukannya secara bertahap (tidak drastis), dan mulailah setelah bayi Anda berusia paling tidak 2 bulan.

Bahkan, setiap kali Anda merasa lapar, segeralah makan – walaupun sekedar mengkonsumsi cemilan yang sehat. Ingat, tubuh Anda adalah ‘pabrik alami’ untuk memproduksi ASI. Rasa lapar merupakan indikator bahwa tubuh Anda memerlukan asupan dan ikutilah indikator itu dengan mengkonsumsi makanan selingan yang sehat dan seimbang.

Pola Makan Sehat untuk Ibu Menyusui

makanan untuk asiLalu seperti apa sih pola makan yang sehat untuk ibu yang sedang menyusui?

Yang jelas, prinisp dasarnya adalah makanan yang bervariasi dan seimbang. Jika Anda mengkonsumsi berbagai macam karbohidrat, protein dan lemak dalam jumlah yang cukup, maka tubuh Anda akan berada dalam kondisi fit. Anda pun akan merasa kenyang lebih lama.

Berikut beberapa jenis makanan dan tips seputar pola makan yang sehat untuk Anda:

  • Beras serta biji-bijian yang sejenisnya seperti gandum, jagung, oats, roti, dan lain-lain mengandung nutrisi serta serat yang baik bagi si kecil.
  • Buah dan sayuran segar juga harus hadir dalam menu makanan Anda. Bagus jika Anda selalu memiliki stok buah-buahan dan sayuran segar, sehingga bisa juga menjadi cemilan sehat ketika Anda merasa lapar. Buah dan sayur tidak harus mahal lho…!
  • Sayuran seperti bayam, kangkung dan katuk juga mengandung zat besi yang baik bagi Anda. Sampai-sampai katuk dicap sebagai ‘sayurannya ibu menyusui’… soalnya dalam setiap 100 g daun katuk, terdapat sekitar 2.7 mg zat besi dan 204 mg kalsium lho.
  • Sebisa mungkin hindari makanan kemasan, karena bahan yang segar jauh lebih baik nutrisinya, serta dapat menjadi pasokan energi yang jauh lebih baik, sehingga Anda pun akan merasa kenyang lebih lama.
  • Makanlah jenis makanan yang bervariasi, agar bayi Anda juga memperoleh berbagai macam vitamin yang diperlukannya. Untuk menu hari ini, coba konsumsi apa yang tidak Anda konsumsi kemarin. Begitu seterusnya…
  • Jangan takut dengan kata ‘lemak’, karena banyak jenis lemak yang baik bagi kesehatan dan perlu Anda konsumsi. Contohnya, minyak zaitun, lemak yang terkandung dalam ikan salmon, alpukat, dan kacang.
  • Konsumsi susu rendah lemak, yoghurt, dan keju sangat baik bagi si kecil, karena mengandung kalsium, protein dan vitamin.
  • Batasi konsumsi lemak jenuh seperti yang terdapat pada daging berlemak, minyak kelapa, serta mentega. Bukannya sama sekali tidak boleh lho Bun, tapi dibatasi konsumsinya…
  • Berbagai zat kimia yang Anda konsumsi juga bisa Anda transfer kepada bayi Anda melalui ASI, oleh sebab itu berhati-hatilah dalam memilih makanan dan cemilan. Zat kimia yang sangat sering ditemui pada bahan makanan adalah pestisida. Pastikan Anda mencuci semua buah dan sayuran yang Anda beli, dan untuk lebih amannya, buah-buahan seperti apel, pir dan sejenisnya dikupas dulu kulitnya sebelum Anda makan. Jenis buah dan sayuran yang biasanya lebih aman dari pestisida diantaranya: bawang, jagung manis, kol, kentang manis, jamur, nanas, alpukat, mangga, kiwi, semangka, dan anggur.
  • Konsumsilah ikan dan makanan laut lainnya, karena mengandung nutrisi yang baik untuk Anda dan si kecil, seperti DHA, EPA dan Omega-3. Namun demikian, jangan terlalu banyak memakan tuna atau sardin kalengan – lebih baik ikan segar.
  • Jangan abaikan konsumsi air putih. Minumlah air putih yang cukup. Berapa liter per hari? Yang penting, minumlah setiap kali Anda merasa haus. Jika urin Anda bening atau berwarna sedikit kuning, maka ini pertanda Anda meminum cukup air putih.

Makanan Apa yang Harus Dikurangi atau Dihindari Ketika Menyusui?

makanan dihindari ibu menyusuiSebagian ibu menghindari makanan yang terlalu pedas dan berbumbu ketika menyusui, dengan alasan kasihan kalau nanti bayinya sakit perut. Benarkah?

Sebenarnya, banyak juga ibu menyusui yang tetap memakan makanan seperti gulai, kari dan makanan pedas lainnya dan bayinya dapat menerima dengan baik dan tanpa keluhan. Bahkan sebagian ahli menyatakan bahwa bayi sebenarnya menyukai berbagai ‘rasa’ yang terdapat dalam ASI.

Mereka mengatakan bahwa dengan Anda terus mengkonsumsi makanan favorit Anda ketika menyusui, ‘rasa’ tersebut akan dirasakan juga oleh buah hati Anda ketika menyusui, dan ini akan membantunya untuk memiliki selera makan yang bervariasi. Dengan demikian, ketika si kecil mulai menerima MPASI, ia akan mudah menerima berbagai macam makanan yang Anda sodorkan kepadanya…

Namun demikian, jika si kecil terlihat rewel dan perutnya kembung setelah Anda memakan jenis makanan tertentu, dan ini berlangsung terus, maka sebaiknya Anda menghentikan makanan tersebut dan melihat apakah terjadi perbaikan dalam kondisi si kecil. Terkadang ada juga bayi yang alergi terhadap makanan yang Anda makan, tapi ini sangat jarang terjadi.

Nah, berikut ini adalah daftar beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa menjadi penyebab rewelnya bayi Anda. Untuk memastikannya, coba Anda hentikan konsumsinya dan lihat apakah ada perbaikan pada kondisi si kecil…

Kopi, Teh dan Soda

Kafein yang Anda konsumsi dapat diteruskan kepada bayi Anda melalui ASI, sedangkan bayi Anda tidak dapat mengeluarkannya dari tubuhnya dengan cepat sebagaimana layaknya orang dewasa. Jika Anda masih ingin meminum kopi, teh, atau soda, sebaiknya pilih waktu dimana Anda tidak akan menyusuinya untuk beberapa waktu.

Cokelat

Pada sebagian bayi yang menyusui, memiliki ibu penggemar cokelat bisa jadi kurang menyenangkan lho… :) Cokelat juga mengandung kafein – walaupun tidak sebanyak kopi – namun sebagian bayi bisa menjadi rewel juga gara-gara ibunya memakan cokelat terus menerus…

Jeruk dan Lemon

Jika mengkonsumsi jeruk dan lemon bisa menyebabkan bayi Anda rewel, coba ganti asupan Vitamin C dengan buah lain seperti mangga atau pepaya.

Brokoli

Sebagian bayi juga mengalami perut kembung jika sang ibu memakan brokoli, apalagi dalam jumlah banyak. Jika ini juga terjadi pada bayi Anda, coba kurangi konsumsi brokoli sebelum serta merta menghentikannya, lalu lihat lagi perkembangannya.

Makanan yang Terlalu Pedas

Jika Anda menyukai makanan pedas, mungkin selama menyusui Anda perlu membatasinya, karena bisa menyebabkan perut si kecil ‘kepanasan’.

Bawang Putih

Sebagian bayi juga akan bereaksi jika Anda memakan terlalu banyak makanan yang dominan rasa bawang putihnya.

Daun Mint

Jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak teh dengan daun mint, mungkin produksi ASI Anda bisa berkurang. Ini disebabkan zat yang terkandung dalam daun mint.

Seledri

Sebagian ibu juga akan mengalami penurunan produksi ASI ketika mengkonsumsi terlalu banyak seledri.

Tidak semua makanan di atas bisa membuat bayi Anda rewel atau kembung perutnya jika Anda mengkonsumsinya. Jadi, kuncinya adalah memperhatikan apakah makanan tertentu bisa menyebabkan bayi Anda rewel atau tidak.

Selain itu, sebagian bayi yang alergi bisa saja tidak cocok dengan makanan umum yang dikonsumsi oleh ibunya, namun ini sangat jarang terjadi. Sebagai contoh kasus, ada bayi yang alergi terhadap susu, jagung, kedelai, dan sebagainya, sehingga ia akan bereaksi jika sang ibu mengkonsumsi makanan-makanan ini. Biasanya kasus alergi seperti ini ditemui jika dalam keluarga terdapat sejarah alergi yang sama…

Artikel yang berhubungan:

  1. Ibu Menyusui yang Menkonsumsi Codeine Bisa Membahayakan Bayinya
  2. Puasa Ketika Menyusui?
  3. Menyusui Bayi Kembar

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

99 Responses to Makanan Ibu Menyusui

  1. mamaanya nessa March 30, 2014 at 6:36 am #

    Hy
    Maaf mau nanya,baby saya baru umur 4 hari,ini saya kasih ASI dan terkadang saya kasih sufor sehari satu kali,tp tiba2 kemarin muntahin susunya dan ini tadi juga masih muntahin mdan muntahnya yg tadi lewat hidup seperti keluar susunya semua,apa itu wajar yg di alami baby umur segitu?dan apa solusinya?makasih

    • tips-bayi April 8, 2014 at 6:49 am #

      mamaanya nessa,

      Nessa tidak batuk kan..? Berikut penyebab bayi muntah selain karena batuk berdahak:

      - Tanda Alergi
      Pada umumnya gejala dan tanda yang ditimbulkan akibat alergi susu sapi dibagi atas Reaksi cepat yaitu dalam 45 menit setelah paparan, berupa: erupsi pada kulit, bersin-bersin, batuk, hidung berair, ngorok. Reaksi lambat (terjadi dalam 20 jam) setelah paparan berupa diare, pucat, muntah. Reaksi sangat lambat (setelah 20 jam) berupa diare, gejala gangguan pernafasan..

      - Pemakainan gurita.
      Kalau bayi Anda masih memakainya, coba lepas saja.

      - Posisi menyusui atau makan
      Sering ibu menyusui sambil tiduran dengan posisi miring sementara si bayi tidur telentang. Akibatnya, cairan tersebut tidak masuk ke saluran pencernaan, tapi ke saluran nafas. Bayi pun muntah. Karena itu, kalau menyusui, posisi bayi dimiringkan. Begitu juga ketika memberi makan kepalanya harus lebih tinggi dari kaki sehingga membentuk sudut 45 derajat. Jadi cairan atau makanan yang masuk bisa turun langsung ke bawah..

      - Tersedak

      - Lambung yang penuh juga bisa bikin bayi gumoh. Ini terjadi karena makanan yang terdahulu belum sampai ke usus, sudah diisi makanan lagi. Akibatnya si bayi muntah. Lambung bayi punya kapasitasnya sendiri. Misalnya bayi umur sebulan, ada yang sehari bisa minum 100 cc, tapi ada juga yang 120 cc. Nah, si ibu harus tahu kapasitas bayinya. Jangan karena bayi tetangganya minum 150 cc lantas si ibu memaksakan bayinya juga harus minum 150 cc, padahal kapasitasnya cuma 120. Jelas si bayi muntah…

      Ada baiknya juga Anda kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/kolik_bayi.html

  2. Mommy "K" February 25, 2014 at 11:24 am #

    Hai tips,
    bayi saya “K” skrg 6 bln 3 minggu, BB 9.7kg & TB 75cm, BB lahir 3,5kg & TB 50cm normal ga ya??
    Sekarang “K” udah mulai MPASI, walau agak susah tapi masih mau sih,
    yang jadi pertanyaan saya “K” dari umur 4 bulan ga mau lagi mimik asi langsung dari saya (karna saya bekerja) jadi dia cm minum asi perah yg saya simpan di kulkas sehingga skrg asi saya berangsur2 mulai berkurang karna kurang rangsangan, saya kuatir ga bisa terus memberikan asi lagi…(sampai saat ini “K” masih asi dan blum dicampur sufor sama sekali)
    gimna ya caranya supaya ‘K” mau mimik langsung dari saya??

    Terimakasih

    • tips-bayi March 8, 2014 at 7:15 am #

      Mommy “K”,

      Karena kebiasaan “K” jarang bertemu dan menyusu langsung dari “P”, maka jadi enggan jika disodori “P”.. Ini wajar Bun.. Sekarang coba Bunda mulai sering untuk tawarkan ASI langsung jika Bunda sedang di rumah. Jika ditolak, coba lagi dan lagi.. Insya Alloh suatu waktu akan mau juga dan nantinya ketagihan lagi. Karena “K” sudah lupa suasana yang lebih menyenangkan jika menyusu langsung. Maka jika dimulai lagi maka “K” akan ketagihan lagi.. Buat dengan sabar.. ;)

      Dan untuk mempertahankan produksi ASI nya, Bunda perah lebih sering lagi. Karena jika tambah sering diambil maka produksi akan lebih terangsang. Ingat “Base on demand..”

      Oh ya.. “K” mempunyai BB dan TB seimbang, meskipun “K” tergolong besar dibandingkan seusianya. BB dan TB “K” ideal untuk usia 11 bulan.. :)

  3. mama rachel February 8, 2014 at 3:08 pm #

    Assalamu’alaikum Tips :)
    Baby rara skrg brumur 1,5 bln…rara lahir dg BB 3,1 gr n’ pnjangx 49 cm..saya mmberikan ASi eksklusif bwt baby rara… Namun akhir2 ini rara lama sekali tidak BAB… Hampir 6 hari tidak BAB…rara †åp?? tdak rewel, perutnya empuk, kentut teruzZ.. Tz keesokn harinya saya bawa ke bidan trdekat… Sma bu bidan dksi microlax bayi…kmudian ???ªª?? BAB..n’ feses’nya pun tidak keras…bagus….dan skrg lgi udah 6 hari tdak BAB lgi… Saya tkut ???ªª?? mmberikan microlax lgi?? Tkt ketergantungan nnti’x??? Dok knp baby Rara kya begitu?? Apa penyebabnya?? N’ apa yg harus saya lakukan?? Saya sangt khawatir !!!mohon beri solusi kpd saya!! Tks

    • tips-bayi February 15, 2014 at 5:04 am #

      mama rachel

      Bagus Bunda kasih ASI …. Pertahankan pemberian ASI sampai usia 2 atau 2,5. Jika bayi Bunda masih dalam periode ASI eksklusif -alias belum memperoleh asupan selain ASI- maka masih tergolong normal jika ia tidak BAB hingga 1 minggu. Bahkan terkadang setelah 1 minggu pun fesesnya sama sekali tidak keras.

      Hal ini disebabkan oleh ASI yang masih sangat mudah dicerna oleh tubuh bayi dan ini juga berarti sebagian besar ASI dapat diserap dengan baik oleh tubuhnya.

      Pola BAB bayi juga belum tetap. Bisa sering atau jarang.. Seiring dengan bertambah usianya maka pola BAB bayi Bunda akan terbentuk hingga jadwalnya akan terlihat.. Untuk frekuensi BAB, prinsip sederhananya “pengeluaran bagaimana pemasukan.

  4. mahrim February 7, 2014 at 1:20 pm #

    ak mau tanya bayi ku sejak lahir kepalanya benjol.kata bidan itu bisa kepes.tp sudah 3 minggu belum juga kepes.kenapa itu ya

    • tips-bayi February 18, 2014 at 5:00 am #

      mahrim,

      Lahirnya normal atau vakum..?

      Untuk bentuk kepala.. Bunda jangan terlalu khawatir, bentuk kepala bayi Bunda masih akan terus berubah. Hal ini karena sambungan antar tulang-tulang tengkorak yang terdiri dari tulang rawan dan ubun-ubun baru mulai mengeras di usia 9 bulan dan menutup sempurna pada usia 18 bulan.

      Usia bayi Bunda masih dibawah 9 bulan maka dengan membiasakan gonta-ganti posisi tidur akan merubah bentuk kepala, bentuk kepalanya akan bagus, tidak peyang sebelah atau benjol..

      Jadi manipulasi posisi tidur sangat berpengaruh. Maka posisikan tidur bayi Anda bergantian dan berfariasi.. Meskipun demikian, tetap dipengaruhi juga oleh keturunan atau bawaan lahir.. ;-)

  5. fitriani January 16, 2014 at 7:08 am #

    Hai tips,..
    Sy mw nnya ni,..baby sy afif,usia 5 bln 4 hari,skrg BB nya 7,2 Kg…4 hari yg lalu sy sakit,demam n hidung bersin2 tersumbat, sy konsumsi obat mengandung CTM, pseudoefedrin,.. 2 hari stlh itu lgsg berkurang drastis produksi ASI sy,pdhl afif ASIX,..gmna tips cara ningkatin produksi ASI nya? Brpa lama efek obat hilang atau ada tips2 spy efek obat tersebut hilang?kasian afif spt kelaparan terus,..sy prnh cb kasih sufor,trnyta afif alergi protein susu sapi,..

    • tips-bayi January 25, 2014 at 8:09 am #

      fitriani,

      Insya Alloh sebenarnya tidak akan berlangsung lama. Banyak konsumsi sayuran, daun katuk dan daun pepaya bagus, atau sayuran lainnya.

      Kondisi psikologis ibu menyusui sangat menentukan. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Satu pikiran “ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun. Stres berperan besar untuk menurunkan kemampuan alami tubuh kita untuk memproduksi ASI. Maka Bunda harus RILEKS..

      Banyak istirahat, Bunda bisa tidur saat bayi Anda tidur di siang hari, untuk menghemat tenaga dan menghindarkan Anda dari stress.. ;)

  6. joyce January 15, 2014 at 6:31 am #

    hai tipsbayi,

    bayi saya usia 3bln 18hari, perempuan. beratnya 7.3kg, tinggi 64cm.
    dia sejak lahir minum asi dan sufor. hingga menginjak usia 2bln, dia minum asi nya ga mau lgsg netek dari saya. krn saya mulai pompa asi tsb, utk persiapan kalo saya tinggal bekerja.
    sejak tgl 1des yl pup nya berwarna ijo spt jus apokat sampe sekarang ini. Kenapa ya kok bisa begitu? menurut artikel yg saya baca katanya krn asi yg diminum hanya foremilk. Lha kalo saya memberi asi nya asi perah spt itu, apakah yg keluar hanya foremilk saja? gak sampe ke hind milknya?
    mohon diberi penjelasan. Terima kasih banyak.

    • tips-bayi January 25, 2014 at 7:54 am #

      joyce,

      Hai Bun..

      Bayi Bunda tinggi besar.. ;)

      BAB hijau masih wajar dan masih normal tetapi tidak boleh terus-menerus muncul seperti itu, kalau ASI sudah dipompa sampai hindmilk berarti sufor yang bayi Bunda konsumsi mempunyai kandungan gula & laktosa tinggi tapi rendah lemak..

  7. syahida January 9, 2014 at 9:38 am #

    Assalamu alaikum, bayi saya usia 3 bulan, kalau pagi dan sore, suka batuk grok grok gitu bunyinya, tapi tidak pilek juga tidak demam, dan tetap aktif, juga nggak rewel, gimana cara mengatasinya ya?

    • tips-bayi January 24, 2014 at 3:56 pm #

      syahida,

      Wa’alaikum salam,

      Bunyi grok grok yang terdengar bisa merupakan reaksi alergi atau bunyi grok-grok tersebut juga bisa dahak atau reak. Dengan cara dijemur pagi dengan ditidurkan miring cairan biasanya akan keluar… Bisa dengan memberikan kehangatan pada dada dan punggung , ini salah satu cara alternatif yang bisa Anda lakukan . ;)

  8. ardy January 9, 2014 at 5:31 am #

    ass saya mau tanya anak saya umur 3 mggu berat 4 kg perut anak saya sering mengeluarkan suara seperti bunyi air atau seperti orang masuk angin, kalau sudah seperti itu dia rewel apakah anak saya masuk angin ? bagaimana cara mnegobatinya dan juga mau tanya apa beda asi kiri dan asi kanan karena katanya asi kanan untuk makan, asi kiri utk minum Tks

    • tips-bayi January 24, 2014 at 3:53 pm #

      ardy,

      Perubahan tingkah laku lain yang merujuk pada “masuk angin” ialah bila anak Anda tak mau makan, perutnya kembung, muntah atau bahkan diare tapi tak terlalu hebat. Misalnya, tinja menjadi lembek atau yang biasanya buang air besar dua kali sehari kini menjadi tiga kali.

      Sebenarnya, “Masuk angin” merupakan gejala penyakit yang masih harus dicari diagnosisnya secara lebih mendalam. “Masuk angin” masih merupakan gejala awal dari suatu penyakit..

      Berikan kehangatan dan teruslah memberikan ASI. Bisa saja jika bayi Anda sensitif dengan beberapa makanan Bundanya, misal jika bundanya makan makanan yang mengundang kembung maka bayi Anda akan merasa tidak enak perutnya.. Sayuran yang mengandung gas tersebut, seperti kol dan kembang kol. ;)

      ASI kiri dan kanan sama dan harus diberikan keduanya. Coba menyusui bergantian. Bila ia bosan dengan putting payudara kiri, tawarkan putting payudara kanan sehingga ia tak lagi menghisap. Isapan bayi akan mengosongkan maksimal 70 persen ASI dari payudara, untuk kemudian berproduksi kembali secara alamiah.

  9. Momy Lee January 5, 2014 at 7:12 pm #

    Hallo..
    Mau nanya nih, baby Lee skarang umurnya 4minggu Lee sering sekali ngeden kaya mau BAB tapi nga BAB, kalo BAB juga sering ngeden sih.. Mau nyusu ato tidur hoby nya ngeden juga sampe wajah nya merah, perut nya juga kembung jadi sering kentut.. itu nga apa2 yaa?.. Oya skarang ini Lee hanya minum sufor aja soaL nya ASI saya sedikit sekali jadi Lee nya nda puas jadi sering nangis nyari susu.. Mohon penjelasan nya yaa..
    Trima kasih

    • tips-bayi January 22, 2014 at 5:54 am #

      Momy Lee,

      BAB nya lancar..? Kalau lancar.. jangan khawatir, bayi yang terlihat ngeden seperti susah dan gelisah, memang terkadang terjadi demikian, disamping bayi Bunda masih belajar ngeden itu wajar karena sistem pencernaan bayi dan pembentukan enzim pencernaan pun belum sempurna.. ;-)

      Coba bunda berikan juga Lee ASI yang sedikit itu, sepertinya Lee lebih menginginkan yang sedikit itu.. :)

      Dan coba juga Bunda mencari sufor yang lebih cocok dengan Lee.

  10. astia January 2, 2014 at 11:54 am #

    Ank saya 2bulan 13 hari bbnya 3,7 dan tb 60 pas lahir bb 2,5 dan tb 47 pdhal minum asinya srg dan byk tp kok tidak segemuk ank yg seumuran yha ? Apa bb segitu normal ?

    • tips-bayi January 15, 2014 at 10:29 am #

      astia,

      BB ketika lahir termasuk tidak besar. Dan BB sekarang memang kurang dari ideal, termasuk 70% BB normal bayi indonesia. Tapi Bunda jangan khawatir jika dokter menyatakan bayi Bunda sehat. Ingatlah Bun.. pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Bunda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Bunda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat. Besar kecil atau kurus gemuk juga bisa turunan..

      Pertahankan terus pemberian ASI. Sampai 6 bulan ASI saja, dan lanjutkan pemberiannya sampai bayi Bunda berusia 2 atau 2,5 tahun. :)

  11. Ida December 28, 2013 at 7:00 am #

    Slmat bundsay

  12. rai suardani December 17, 2013 at 5:33 am #

    hai tips..
    Saya mo nanya ni,bayi saya skrg 11bln 2mgg 2hr blakangan ini kenzie muntah kl menjelang pagi,knp ya? Adakah pengaruh pake AC bs bikin masuk angin? Dan jg hidungnya suka mampet kl mlm bu..apa perlu saya priksa kedokter? Mhn infonya bu trims

    • tips-bayi January 3, 2014 at 2:38 am #

      rai suardani,

      Hai juga Bun..

      Bisa saja karena AC terlalu dingin hidung jadi mampet dan masuk angin. Biasanya yang dimaksud orang banyak sebagai masuk angin adalah bila anak berubah tingkah lakunya dalam hal kesehatan”, Misalnya, anak Anda yang biasanya anteng menjadi rewel padahal kerewelan tersebut belum tentu lantaran penyakit. “Mungkin saja si bayi merasa gerah, kedinginan atau barangkali kelelahan karena baru dibawa pergi.” ;-)

      Perubahan tingkah laku lain yang merujuk pada “masuk angin” ialah bila anak Anda tak mau makan, perutnya kembung, muntah atau bahkan diare tapi tak terlalu hebat. Misalnya, tinja menjadi lembek atau yang biasanya buang air besar dua kali sehari kini menjadi tiga kali.

      Sebenarnya, “Masuk angin” merupakan gejala penyakit yang masih harus dicari diagnosisnya secara lebih mendalam. “Masuk angin” masih merupakan gejala awal dari suatu penyakit..

      Jika benar bayi Bunda hanya masuk angin.. Insya Alloh sekarang sudah baikan ya.. Tapi jika belum ada perkembangan membaik, segeralah temui DSA agar segera diperiksa..

  13. ely siana November 30, 2013 at 4:50 am #

    assalamualaikum tips.. saya maw menanyakan… saya lagi gelisah.. anak saya shanum umur 31 hari berat badan masih 2.8 panjang 50.. berat lahir 2.3 panjang 45.. yg saya ingin tanyakan saya harus konsumsi apa ya bu biar asi saya bisa menambah berat badan shanum.. padahal selama ini asi saya deras bila diperas.. dan shanum kalo nyusu juga tiap 2 jam sekali… selama menyusu bisa 1jam sampe 3 jam ga henti.. mohon sarannya ya bu.. saya ingin berat badan shanum normal.. trimakasih sangat…

    • tips-bayi December 5, 2013 at 3:37 am #

      ely siana,

      Wa’alaikumussalam..

      Nutrisi Bunda seperti biasa saja, harus lengkap dan teratur juga terjadwal. Hanya saja harus hati-hati dengan makanan yang mengundang alergi bayi. Terlihat dari volume ASI berlimpah maka sepertinya nutrisi Bunda volumenya sudah cukup, tinggal kandungan nutrisi yang bunda konsumsi harus diperhatikan.. Meskipun demikian, ajaib Bun.. tidak ada kandungan ASI yang jelek gara-gara Bundanya makan makanan sederhana.. Apalagi kalau Bundanya makan makanan dengan gizi lengkap .. ;)

      Ingatlah Bun.. pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Bunda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Bunda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat. Besar kecil atau kurus gemuk juga bisa turunan..

  14. Shintya D.K November 17, 2013 at 6:01 am #

    Assalamualaikum,
    Mau numpang nanya nih, baby saya avicenna umur 5 minggu bobot 4,3kg normal tdk ya. Trus tiap hari sering kentut2 gitu, sering gumoh juga, kalo gumoh banyak banget, kenapa ya?

    • tips-bayi November 21, 2013 at 7:44 am #

      Shintya D.K,

      Wa’alaikumussalam..

      BAB bagus cukup ideal dengan usianya. Sering buang angin gak apa-apa Bun.. Kalau gumoh tidak disertai dengan keluhan lain seperti demam atau susah minm susu, Bunda tidak perlu khawatir.. :)

      Lambung yang penuh bisa bikin bayi gumoh. Ini terjadi karena makanan yang terdahulu belum sampai ke usus, sudah diisi makanan lagi. Akibatnya si bayi muntah. Lambung bayi punya kapasitasnya sendiri. Misalnya bayi umur sebulan, ada yang sehari bisa minum 100 cc, tapi ada juga yang 120 cc. Nah, si ibu harus tahu kapasitas bayinya. Jangan karena bayi tetangganya minum 150 cc lantas si ibu memaksakan bayinya juga harus minum 150 cc, padahal kapasitasnya cuma 120. Jelas si bayi muntah… Atau makanan belum masuk sudah bermain aktif sehingga bisa juga mengakibatkan gumoh..

      Bayi seusia Avicenna sering lapar dan cepat kenyang.. Jadi susui sering bukan lama..

      Gumoh tidak apa-apa jika cairan yang keluar tidak lebih banyak dari pada cairan yang masuk. Gumoh bisa membahayakan bila cairan tersebut masuk ke dalam paru-paru. Ini yang disebut respirasi pneumonia. Oleh karena itu, menyendawakan bayi setelah minum susu sangat penting..

  15. Eko Retnowati November 12, 2013 at 3:06 pm #

    Wowww.. membantu sekali informasinya…
    Mau tanya… anak saya murni asi.
    Usianya 5 bulan dengan berat 8.1 kg.
    Yang ingin saya tanyakan normalkah berat anak say?
    Saya takut overweight..
    Tapi anak saya sama sekali belum kecampur dengan sufor.

    Mohon jawabannya

    • tips-bayi November 18, 2013 at 2:21 am #

      Eko Retnowati

      Hmm.. itu memang lebih Bun.. Itu BB untuk usia 7 bulanan, Oh ya TB-nya berapa..? Kalau ideal dengan tingginya tidak masalah..

      Seorang bayi menjadi overweight karena intake-nya lebih. Kalau masukannya lebih, tentu harus disimpan dalam bentuk kenaikan berat badan.

      Jadi.. memang sebaiknya mempertahankan ASI sampai bayi Bunda berusia 2 atau 2,5 tahun.

  16. indah October 29, 2013 at 11:28 am #

    Tips anak kedua saya sdh 2 bln 6 hr lahir sc, berat lahir 4 kg, skrg berat sdh 6,1kg, awalny dksih minum sufor krn asi saya br kluar hr ke4, skrg anak saya minum ASI full, tp ASIny saya perah tiap 3 jam, krn anak saya bingung puting n saya juga rawat 2 anak sendiri, skrg anak kedua saya bisa menghabiskan ASI 150 cc dlm 3 jam, n saya kwatir kalau saya tidak bisa memenuhi ASInya sampai 6 bln krn makin lama minumny tambah banyak

    • tips-bayi November 2, 2013 at 4:15 am #

      indah

      BB bayi Bunda memang lebih dari ideal, BB tersebut ideal untuk bayi 5 bulan.. Akan tetapi Bunda jangan khawatir.. Oh ya TB-nya berapa..? Kalau ideal dengan tingginya tidak masalah.

      Sementara Bunda bisa berikan ASI dalam botol sambil dipeluk, lalu Bunda coba terus berikan ASI secara langsung.. jangan hanya satu atau dua kali saja, coba berikan terus berkali-kali. Insya Allah nantinya bayi Bunda akan mau menyusu langsung ASI nya.. Bayi Bunda masih bingung puting.. ;-)

      Berikut cara untuk memperbanyak produksi ASI:

      . Sering menyusui. Ini kunci terpenting untuk meningkatkan produksi ASI.
      . Kosongkan kedua payudara saat menyusui. Pastikan bayi anda menyusui cukup lama untuk mengosongkan kedua payudara Anda.
      . Jangan menjadwalkan menyusui. Susui bayi kapanpun ia memerlukannya.
      . Biarkan bayi Anda menikmati “cluster feed” (minum ASI terus menerus dan sering, nyaris tanpa jeda; biasanya sore hari sebelum tidur). Bila jadwal minum biasanya 2-3 jam dan tiba-tiba berubah jadi lebih rapat, kemungkinan besar bayi sedang mengalami growth spurt dan memerlukan asupan lebih banyak.
      . Coba menyusui bergantian. Bila ia bosan dengan putting payudara kiri, tawarkan putting payudara kanan sehingga ia tak lagi menghisap. Isapan bayi akan mengosongkan maksimal 70 persen ASI dari payudara, untuk kemudian berproduksi kembali secara alamiah.
      . Pijat Payudara. Saat bayi malas menghisap, ibu dapat membantu memijat payudara untuk meneruskan aliran ASI saat ia sudah tidak minum sendiri. Bila ibu mengalami mastitis, ibu juga bisa Massage / pemijatan payudara dan kompres air hangat & air dingin bergantian. Untuk mencegah mastitis, jangan mencuci putting setelah menyusui karena hanya akan mengakibatkan putting jadi kering dan iritasi. ASI sudah mengandung banyak elemen untuk mencegah bakteri dan jamur tumbuh, dan telah mengandung pelindung alami untuk ibu dan bayi.
      . Pompa ASI setelah selesai menyusui, terutama bila Anda merasa payudara belum terasa kosong. Bila anda ibu bekerja, cobalah memompa 15 menit setiap beberapa jam sekali saat bekerja. Gunakan pompa yang dapat memompa 2 payudara sekaligus, ini lebih menstimulasi produksi ASI dibandingkan yang hanya satu bergantian.
      . Ciptakan kontak kulit dengan bayi. Misalnya membelainya dan mengajaknya berkomunikasi. Hal ini akan memicu hormon oksitosin (hormon cinta) yang akan berperan dalam produksi ASI Anda.
      . Susui sambil berbaring di ranjang, akan membantu anda lebih relaks dan membuat bayi Anda menyusu lebih lama.
      . Jangan tidur telungkep. Ini bisa menekan payudara Anda dan menurunkan produksi ASI Anda.
      . Saat Anda harus melakukan sesuatu, misalkan menyapu, taruh bayi Anda di gendongan/sling, jadi ia bisa menyusui bila ia mau.
      . Hindari dot dan empeng untuk menghindari bingung puting.
      Karena menghisap dari dot dan empeng lebih gampang, sementara dari puting lebih susah, bila anak kebiasaan ngempeng dot, maka ia akan menolak puting. Jika ibu ingin memberikan ASI peras/pompa (ataupun memilih susu formula) berikan ke bayi dg menggunakan sendok, bukan dot ! Saat ibu memberikan dengan dot maka anak dapat mengalami BINGUNG PUTING tersebut, Kondisi dimana bayi hanya menyusu di ujung puting seperti ketika menyusu dot. Padahal, cara menyusu yang benar adalah seluruh areola (bag. gelap di sekitar puting payudara) ibu masuk ke mulut bayi. Akhirnya, si kecil jadi ogah menyusu langsung dari payudara lantaran ia merasa betapa sulitnya mengeluarkan ASI. Sementara kalau menyusu dari botol, hanya dengan menekan sedikit saja dotnya, susu langsung keluar. Karena itu hindari penggunaan dot sama sekali.
      . Hindari menggunakan pil KB saat menyusui.
      . Jangan Merokok
      . Banyak minum air putih. Bahan utama produksi ASI adalah Air. Jadi pastikan anda banyak minum air, bisa berupa air putih, susu, jus dan sup.
      . Batasi kafein (kopi/teh/soda)
      . Rileks saat menyusui, jangan terburu-buru.
      Kondisi psikologis ibu menyusui sangat menentukan keberhasilan ASI eksklusif. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Satu pikiran “ASI peras saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun. Stres berperan besar untuk menurunkan kemampuan alami tubuh kita untuk memproduksi ASI.
      . Banyak istirahat. Anda bisa tidur saat bayi Anda tidur di siang hari, untuk menghemat tenaga dan menghindarkan Anda dari stress.
      . Makan makanan sehat bergizi. Jangan diet dulu atau terburu-buru ingin menurunkan berat badan saat Anda menyusui. Makan banyak sayur, buah, gandum, susu.
      . Hindari pemberian susu formula. Terkadang karena banyak orangtua merasa bahwa ASInya masih sedikit atau takut anak gak kenyang, banyak yg segera memberikan susu formula. Padahal pemberian susu formula itu justru akan menyebabkan ASI semakin tidak lancar. Anak relatif malas menyusu atau malah bingung puting terutama pemberian susu formula dg dot. Begitu bayi diberikan susu formula, maka saat ia menyusu pada ibunya akan kekenyangan. Sehingga volume ASI makin berkurang. Makin sering susu formula diberikan makin sedikit ASI yg diproduksi.
      . Hindari obat-obatan yang mengandung antihistamin (obat anti alergi klorfeniramin maleat, deksklorfeniramin maleat, doksilamin) dan dekongestan ( biasa ditemukan pada obat pelega hidung tersumbat, bentuknya bisa berupa fenilpropanolamin, fenilefrin, efedrin, pseudoefedrin ) karena bisa menurunkan produksi ASI. Bila Anda terserang flu, obati secara alami dengan mandi air hangat, minum minuman hangat dan sup ayam serta banyak istirahat.
      . Hangatkan hubungan dengan suami (Anda boleh berhubungan lagi setelah 4-6 minggu setelah kelahiran, Keluarnya lokia, darah dari vagina selama masa nifas yang mengindikasikan terjadinya pemulihan rahim, bisa berlangsung 3-8 minggu, tunggu sampai proses ini selesai). Nikmati kedekatan Anda berdua saat si Kecil sudah tidur, karena hormon oksitosin yang ditimbulkan akan membantu produksi ASI anda. Kosongkan dulu payudara Anda dengan memompa ASI didalamnya..

  17. nining October 26, 2013 at 3:11 am #

    assalamualaikum…dok.DRA sya mau tnya bayi sya brumur 50 hari..skrg dia sering ngeden2 sampe mukanya merah dan terkadamg sampe nangis kaya yg skit..knpa ya?trus dah 5 hari belum BAB..

    • tips-bayi October 31, 2013 at 3:41 am #

      nining

      Wa’alaikumsalam..

      Fesesnya tidak keras kan..? Jika tidak keras, Bunda jangan khawatir.. Untuk BAB bayi yang terlihat ngedennya seperti susah dan gelisah, memang terkadang terjadi demikian, disamping bayi Bunda masih belajar itu wajar karena sistem pencernaan bayi dan pembentukan enzim pencernaan pun belum sempurna.. ;-)

      Pertahankan pemberian ASI sampai buah hati Bunda berusia 2 tahun atau lebih..

  18. hannisa October 23, 2013 at 7:29 am #

    sore,
    bayi sy berumur 13 hr
    tdk mau asi lngsung dr payudara sy
    tapi jika saya perah dan masukan dlm botol bayi sy mau mengonsumsi.
    dr lahir, krn sy Sc 3 hr sll d beri sufor dn blum pernh diberi inisiasi asi
    anehny. ketika kk ipar sy yg msh mnyusui ank yg 8 bln, memberikn puting ny,
    ank sy mau mnengeyot nya,
    dan lagi kk ipar saya yg sudah 1 thn berhenti memberikn asi pd ank ny, malah bayi sy mencari cari dn membuka mulutny ketika di gendong ipar saya.
    ini membuat saya stres.
    bgadang memeras susu, dn ketika asi sudah sdikit keluar untuk di pompa, sy berikan sufor.

    sy msh kuliah, dn bngung sx menghdpi masalah ini.
    mohon bantuannya.
    terimakasih

    • tips-bayi October 25, 2013 at 2:49 am #

      hannisa

      Seringlah bayi Bunda didekap dan dipeluk.. sementara Bunda bisa berikan ASI dalam botol sambil dipeluk, lalu Bunda biasakan juga kenalkan ASI langsung.. Jika bayi menolak.. coba terus jangan hanya satu atau dua kali saja, coba berikan terus berkali-kali. Insya Allah nantinya bayi Bunda akan mau menyusu langsung ASI nya.. Bayi Bunda masih bingung puting.. ;-)

      Bunda harus sabar menghadapi bayinya..Dan yang tidak kalah penting : Ibunya harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI.

  19. Mama Akbar October 12, 2013 at 7:46 pm #

    Assalamualaikum Tips….

    Anak saya umur 6 bln dan sdh 5 hari badannya panas (terhitung dr tgl 9 smpai hri ini), diagnosa DRA terkena infeksi saluran kencing, akibat pemakaian pampers yg trus menerus sejak ia lahir. Dan DRA tsb kasih obat antibiotik dan obt penurun panas, tp knpa anak saya malah jd sering gumoh dan BAB (*BAB berwarna hijau lendir dan tdk berbau). Dimuka dan beberapa bagian badan anak saya, keluar bintik2 merah seperti CAMPAK. Sya minta saran dr DRA lain, disuruh teruskan saja minum obatnya. Cuma dia kasih resep utk menghentikan BAB’y, Menurut TIps….bagaimana? Trimss

    • tips-bayi October 21, 2013 at 3:29 am #

      Mama Akbar,

      Wa’alaikumussalam Bun..

      Kalau Akbar sudah diberikan antibiotik maka harus diteruskan dan dihabiskan antibiotiknya, untuk penurun panas tidak usah diberikan jika sudah tidak panas lagi..
      Berikan terus ASI dan istirahat yang cukup..

      Semoga lekas sembuh.. ;)

  20. nitha October 11, 2013 at 9:37 am #

    sore..saya mau tanya baby saya umur 6M1W kalau kasih mix jus brokoli mentah,apel pakai kulit+jeruk dikupas boleh ga ya?kl untuk apel langsungnapaki kulit boleh ga?jika saya jus nya menggunakan juicer bukan blender,trima kasih

    • tips-bayi October 16, 2013 at 6:24 am #

      nitha,

      Sistem pencernaan bayi usia 6 bulan masih belum sempurna, maka sebaiknya Bunda berikan makanan yang mudah dicerna. Sayuran sebaiknya matang, kulit apel sulit hancur dalam pencernaan bayi sebaiknya kupas dulu.. ;-)

      Bunda bisa lihat resep apel berikut
      Dan macam makanan bayi berikut

  21. rifki October 7, 2013 at 12:56 pm #

    Tips mau nanya ,baby saya berumur 10hari udh 2 mlm bangun trus dan minta ASI tp dia ga kenyang” dan jd nya rewel,biasanya dksh asi langsung trtidur, ada yang bilang ASI nya hambar jd c baby ga ngerasa kenyang (apa krna sudah tengah mlm dan isteri trakhir mkn skitar jam 7-8mlm, ada yang nyaranin supaya kenyang pke SOFUR aja. Mohon pencerahannya ya)

    • tips-bayi October 9, 2013 at 12:18 am #

      rifki,

      ASI kandungannya luar biasa, rasa paling favorit untuk bayi, tidak hambar dan tidak basi.. Tidak bisa tertandingi oleh sufor termahal sekalipun..
      Rewel bisa karena beberapa hal, bisa ada yang dirasakan sakit dalam tubuhnya, rewel padahal kerewelan tersebut belum tentu lantaran penyakit, mungkin saja si bayi merasa gerah, kedinginan atau barangkali kelelahan karena baru dibawa pergi..

      Volume lambung bayi sangat sempit sekali.., jadi gampang penuh dan cepat lapar lagi.. Wajar jika bayi Anda minta susu lagi, karena harus diberikan setiap 2 jam atau sesuai permintaan.. Kalau 2 jam belum minta ya harus disusukan, tapi kalau belum 2 jam sudah minta ya berikan saja.. ;-)

      Bundanya makan jam 7-8 malam tidak ada hubungannya dengan rewel.. Tapi bisa saja jika bayi Anda sensitif dengan beberapa makanan Bundanya, dan jika bundanya makan makanan yang mengundang kembung maka bayi Anda akan merasa tidak enak perutnya.. Sayuran yang mengandung gas tersebut, seperti kol dan kembang kol.

  22. Ummi azzamy October 1, 2013 at 7:05 am #

    Hai hai,,
    Mw nanya nih bun,,
    Bayi saya minum asi dn saya saat nie bkerja. Jarak dr kantor krmh 2jam, bila saya mmerah susu d kntor dn dtaruh d kulkas kantor, trus saya bw plg krmh, sampai rmh saya taruh kulkas lg. Apakh asinya ini msh aman bila dkonsumsi bayi saya? mengingat jarak jauh na dr kantor k rmh dn selama dprjalanan asi tdk berada d kulkas lg.. Makasih y bun atas infona..

    • tips-bayi October 4, 2013 at 6:12 am #

      Ummi azzamy,

      Hai..

      Bagus sekali Ummi masih mempertahankan pemberian ASI meskipun Ummi sibuk bekerja, keputusan yang mulia.. ;)
      Jarak kantor rumah 2 jam ya.. Gak apa-apa Ummi, tapi bagus sekali kalau selama dikantor disimpan di freezer kulkasnya

      Berikut menurut dokter anak Utami Roesli:

      Ketahanan ASI:

      * Disimpan di ruang terbuka bisa bertahan enam hingga delapan jam.
      * Di termos yang berisi es bisa bertahan sekitar 24 jam.
      * Disimpan di tempat buah, lemari es, bisa bertahan 2 kali 24 jam.
      * Disimpan di freezer berpintu sama dengan tempat buah, daya tahan ASI mencapai 2 minggu.
      * Disimpan di freezer yang pintunya berbeda dengan tempat buah atau sering disebut lemari es dua pintu, ketahanan ASI mencapai 3 bulan.

  23. yhurrie September 13, 2013 at 2:15 am #

    hai tips,,, baby’ku skrang 3bln,, bb’y 4,9 ,, tb’y 58,, normal gak ya?

    • tips-bayi September 17, 2013 at 4:44 am #

      yhurrie,

      BB bayi Bunda masih termasuk NORMAL.. karena termasuk 85% BB normal untuk bayi Indonesia.. Dan TB nya termasuk bagus karena TB 95% ideal bayi indonesia.. ;)

  24. ayah fauzy September 5, 2013 at 3:37 am #

    Hai tips..
    Anak saya umurnya 1 bln. Laki2. BBnya 4,3kg. BB lahir 3,5kg TB 52cm. Alhamdulillah ASI. Tapi kalo nyusu tdk aturan. Lazimnya kn tiap 2jam sekali tp anak sy ini nyusunya sering sekali bahkan blm 1jam sdh nyusu lagi. Wajar tdk ya? Trus bgmn mengetahui apakah si bayi mendapatkan asi yg cukup atau tdk? Apakah bayi sy kurang kenyang dgn asi saja? Perlukah di tambah dengan sufor?

    Trims.

    • tips-bayi September 10, 2013 at 5:44 am #

      ayah fauzy,

      Hai..

      Volume lambung bayi sangat sempit sekali.., jadi gampang penuh dan cepat lapar lagi.. Wajar jika Fauzy minta susu lagi, karena diberikan setiap 2 jam atau sesuai permintaan.. Kalau 2 jam belum minta ya harus disusukan, tapi kalau belum 2 jam sudah minta ya berikan saja.. ;-)

      Sudah cukup kok hanya dengan ASI saja selama Fauzy belum berusia 6 bulan, jangan pernah diselingi sufor.. nantinya ASI bisa berkurang lho.. ASI adalah nutrisi terbaik untuk Fauzy, tidak akan ada yang bisa menandingi kandungan ASI sekalipun sufor termahal..

      ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI luar biasa.. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

      Bundanya pasti bisa memperkirakan apakah Fauzy sudah kenyang atau belum, berikan ASI bergantian dari kedua sumber kiri dan kanan. Penting setiap setelah minum buat posisi disendawakan, agar air susu cepat turun.. ;-)

  25. NINGSIH August 31, 2013 at 10:35 am #

    hai tips

    baby saya sekarang berumur 3 bulan, BAB nya selalu berwarna hijau kenapa ya buk?

    krn saya bekerja saya beri baby saya susu formula, apa benar buk SETELAH PULANG KERJA kalo mau menyusui anak saya, ASI NYA HARUS DI BUANG DULU ?

    • tips-bayi September 6, 2013 at 6:38 am #

      NINGSIH

      Tidak usah dibuang Bun…..;-)

  26. baby wrp August 29, 2013 at 12:29 am #

    senang rasanya menemukan web tipsbayi. ijin ikut menimba ilmu …;)

  27. karina August 28, 2013 at 3:25 pm #

    Dear tips bayi,
    Help..Ibu menyusui boleh ga minum obat cacing comba*ntrin?baby boy 5mos,asix,lagi batpil..trus kalo mamanya kena cacingan gt,bisa nular ga ke babynya?tq :)

    • tips-bayi September 7, 2013 at 2:40 am #

      karina,

      Ibu hamil yang cacingan memiliki resiko tinggi terkena anemia atau kurang darah. Hal ini tentunya sangat berbahaya baik terhadap ibu maupun bayi dalam kandungan.
      Infeksi cacingan pada ibu hamil dapat menyebabkan anemia defisiensi zat besi, menurunkan berat badan ibu hamil karena kekurangan micronutrient dalam darah yang menyebabkan pasokan gizi ibu hamil dan janin berkurang.

      Untuk meminum obat cacing harus sesuai dengan anjuran dokter. Namun, sebaiknya selama sepertiga pertama kehamilan tidak minum obat yang membunuh cacing. Untuk itu, ibu hamil dianjurkan menjaga kebersihan untuk mematahkan siklus cacing sehingga tidak terjadi re-infeksi. Setelah itu pengobatan boleh dilakukan tentunya dengan pengawasan dokter..

      Read more: http://www.hariansumutpos.com/2012/04/32541/cacingan-pada-ibu-hamil-menyebabkan-anemia#ixzz2eAeCARIj

  28. anhar August 27, 2013 at 9:55 am #

    hai tips…?
    anak saya baru berumur 1 minggu, tp rewel. sering sekali buang angin/kentut suranya keras, pa dia kembung ya?
    cz dari awal istri saya banyak minum teh ktanya orang2 teh campur madu bagus pa ia?
    dan klau ibu menyusui makan- makanan santan bagus tidak ya buat asinya, soalnya istri saya ini jenuh ma menu yg itu” saja..
    bakso mie boleh gk ya buat ibu hamil?
    mohon ya tips utuk infonya terimakasih :D

    • tips-bayi September 4, 2013 at 3:09 am #

      anhar,

      Hai..

      Jika sering kentut tidak rewel gak apa-apa.. wajar..
      Madu bagus.. Madu termasuk antiradang (anti-inflamasi), anti-infeksi, antibiotik, antibakterial dan menambah tenaga..
      Makanan bersantan memang kurang baik dapat mengakibatkan gangguan pencernaan..
      Bakso.. Cari yang bagus tidak menggunakan pengawet, boleh dan jangan terlalu pedas juga tidak pake MSG.. ;-)

  29. anhar August 27, 2013 at 9:12 am #

    hai tips,,, anak saya br berumur 1 minggu, tp baik stri saya jarang makan ikan laut dan buah-buhan..
    soalnya banyak yang bilang ikan laut gatel buat si bai.
    pa benar ya?

    • tips-bayi September 4, 2013 at 2:35 am #

      anhar

      perempuan hamil masih boleh menyantap semua ikan terutama ikan tawar. Sementara untuk ikan laut pilihlah yang memiliki kandungan merkuri rendah. Ikan yang memiliki kandungan merkuri tinggi seperti swordfish, hiu, tilefish, dan king makarel lebih baik dihindari.. :-)

  30. Herlina July 6, 2013 at 11:46 am #

    Anakku baru 8bln 10hari, sekitar 10hari yg lalu dia batuk tapi slalu disertai muntah apalagi pas lewat tngah malem sampai gak bisa tidur, tapi sekarang udah mendingan setelah dahak’y kluar dikit2, anakku kenapa ya kira2, tlng ksh saran..

    • tips-bayi July 9, 2013 at 2:56 am #

      Herlina

      Alhamdulilah kalau sudah mendingan batuknya Bun.. .

      Batuk berdahak bisa agak lama bertahan karena bayi atau anak biasanya susah atau tidak bisa membuang dahaknya sendiri.. kalau dahaknya sudah keluar, itu bisa mengurangi batuknya.

      Masih ASI..?

      Cukup berikan banyak ASI dan banyak istirahat. Karena jika hanya batuk flu biasa.. Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, dengan memberikan banyak ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.

  31. Dianrizal June 26, 2013 at 4:12 am #

    Assalamu’alaikum,,,anakku algifari menjelang 2 bulan,,,,asi eksklusif,,,,apa saya bisa makan makanan bersantan bu..?? Krn doyan bgt

    • tips-bayi June 29, 2013 at 12:05 am #

      Dianrizal,

      Wa’alaikum Salam,

      Algifari doyan santan ya.? Sebaiknya santan diberikan setelah bayi Anda diatas 1 tahun.. ;-)
      Sebaiknya tunda pemberian MPASI sampai Algifari berusia 6 bulan, berikan ASI eksklusif dan pertahankan pemberian ASI sampai usia 2 atau 2,5 tahun

  32. feronica May 16, 2013 at 7:58 pm #

    Haiiii..

    Amankah memberi jus apel dengan kulit nya untuk bayi umur 6.5 bulan..? Saya baca kulit apel bermanfaat sekali.. dan kenapa kulit nya harus dikupas ya?

    Dan apakah bisa memberi jus apel dengan di blender saja tanpa apelnya direbus ato dikukus terlebih dahulu?

    Terima kasih.

    • tips-bayi May 22, 2013 at 6:27 am #

      feronica,

      Memang kulit apel bermanfaat, akan tetapi untuk bayi seusia bayi Bunda sitem pencernaannya belum sempurna sehingga kulit apel sulit hancur dalam perut bayi Bunda.. ;-)

      Bunda sudah boleh coba memberikan apel mentah tidak dikukus, tapi yang manis ya..

  33. diah April 29, 2013 at 3:35 pm #

    salam bunda, anak saya usia 4 bulan beratnya cuma 4,6 kg sering sekali susah minum susu formula, asinya keluarnya dikit, bagaimana caranya agar anak saya menambah berat badannya?

    udah saya usahankan minum dengan sendok, susu juga udah saya ganti n bentuk dot juga saya ganti, apakah juga pengaruh lain-lain dari madu, saya jadi kebingungan gmn caranya biar tambah ?

    • tipsbayi April 29, 2013 at 4:17 pm #

      Bayi menolak meminum sufor, bisa saja disebabkan oleh…
      1. Lebih ingin meminum ASI
      2. Yang memberikan sufor kurang berpengalaman, sehingga bayi menjadi gusar
      3. Yang memberikan sufor kurang sabar. Inipun berpengaruh kepada si kecil
      4. Bayi ingin sufor diberikan mirip dengan suasana pemberian ASI; dipeluk, ada kontak kulit sambil berkomunikasi, dsb
      5. Telat memberikan sufor, sehingga bayi terlanjur lapar, sehingga ‘ngadat’
      6. Dot atau gelas yang tidak cocok
      7. Sulit menelan, karena lubang dot terlalu besar
      8. Sufor dan dot yang terlalu panas

  34. Abu Tsaqiif April 9, 2013 at 1:10 pm #

    asslkm..
    Jagoan kecilku mash 2 minggu,tp ko di tbuh nya ada bnjolan2 kecl yg brisi air bhkan dipangkal pahanya jga udh mlai pcah2,shingga ska nangis trus mungkn perh ya.
    Itu kenapa ya.?
    Jka brkenan,jwb jga di blog ana ya..
    Trma kash..

    • tipsbayi April 9, 2013 at 12:04 am #

      Sebaiknya diperiksakan saja yanda…

  35. nanni April 6, 2013 at 2:13 pm #

    Hi tips,mo tny..pd awalnya anak sy asi ekslusif.BBnya lahir 3,1kg pjg 53cm, bln prtma naik 6ons ,bgitu trs smpe bln ke 4 hny naik 6ons/bln, jadi grafik diKMSnya menurun slalu di garis hijau muda,nggak prnh BBnya ssuai standar KMS,BABnya dr 0bln-4bln minimal 3x shr max bs 7x shari,nggak prnh dlm 1hr nggak BAB. Sy sedih, soalnya ibu2 lain yg anaknya asi ekslusif BB anaknya naik 1-2kg dan BABnya ada yg smpe 1mggu sx, sy konsul ke DSA dan dianjurkan utk dbrikan bu2r bsusu beras merah wkt umurnya 4,5bln ,alhamdulillaah bln 5 dan 6 BBnya ssuai standar minimal di KMSnya dan BABnya 1hr sX kdg 2hr sX. Tapi bln ke 7 BBnya tetap krn anaknya aktf bgt x ya? Kyknya anak saya bermasalah dg pencernaan ya? Bdannya kurus,nggak montok.biar montok gimana ya bun..?share donk.. Skrg umurnya 7bln.. Oya asi dilanjutkan smpai 2 th itu bboleh campur susu formula nggak? Ato asi n MPasi aja sampe 2 th?

    • tipsbayi April 6, 2013 at 11:31 pm #

      Mengenai BB, perhatikan juga keseimbangan gizi dalam asupannya bun. Gangguan kesehatan yang berkaitan dengan BB yang terlalu rendah diantaranya gangguan pencernaan, tiroid dan TB. Sebaiknya diperiksakan saja bun…

      Untuk ASI sampai usia 2 tahun, boleh juga dibantu dengan sufor, tapi tidak perlu terlalu banyak, karena kan sudah ada ASI dan MPASI…

  36. bundanya ben April 4, 2013 at 2:37 pm #

    Mo nanya… klo payudara sakit abis ngasih ASI itu kenapa ya? Rasanya nyeri kaya urat2 dalam payudara ketarik ke arah puting..itu normal ga ya? cara hilanginnya gimana? klo harus ke dokter,, datangnya ke dokter apa? kandungan/bedah/saraf?

    makasih

    • tipsbayi April 4, 2013 at 11:13 pm #

      Pastikan posisi ketika menyusui benar-benar nyaman, baik bagi si kecil maupun bagi Anda. Gunakan kedua payudara secara bergantian, agar tidak ada yang bengkak karena ASI tidak dikeluarkan. Biasakan juga untuk menyusui hingga payudara kosong, untuk menghindari terjadinya penyumbatan akibat sisa ASI. Jika memang terjadi penyumbatan, Anda bisa melakukan kompres panas pada payudara, sambil memijat dengan gerakan spiral dimulai dari daerah pangkal. Semoga lancar ;)

  37. Assyfa March 31, 2013 at 7:10 am #

    Izza bru brumur 4bln3minggu.tpi izzanya malas banget menyui aku jadi cemas liatnya.aplagi kata bidan BBnya kurang padahal aq dah bujuk izza sesering mungkin menyusu.bagi tipsnya dong.izza klo liat kita makan da ke pengen bgt kasian.maklum aku orangtua bru jdi cemasnya brlebin aplgi ank pertama meninggal jdi ad rasa trauma

    • tipsbayi April 4, 2013 at 10:29 am #

      @Assyfa

      Diantara penyebab yang paling sering ditemui adalah karena kondisi kesehatan anak yang terganggu. Bisa berupa sakit flu, atau juga gangguan saluran pencernaan…

  38. rahma bundane luthfy March 30, 2013 at 11:27 am #

    slamat mlm bun…..
    mau tanya niih umur anakku sdh 3bln dan BB nya 5.1/2 normal gx?
    trus cr ngilangin bau badanya gmn?

    • tips-bayi April 1, 2013 at 5:27 am #

      rahma buthfyndane lu

      Bun BB bayinya termasuk NORMAL.. karena termasuk 95% BB normal untuk bayi Indonesia..

  39. lydha,, March 30, 2013 at 7:35 am #

    hai tips,,
    sya mau tnya,,brpa lma ASI bsa di taruh di dlam btol dot bayi..soalnya baby sya sering di tinggal kerja,,agar baby sya tetap mengkonsumsi ASI,,
    mkasih,,,

    • tipsbayi April 1, 2013 at 9:49 am #

      @lydha

      Sebaiknya jangan menyimpan ASI di suhu kamar lebih dari 3-4 jam. Kalau perlu disimpan selama 24 jam, segeralah Anda memasukkan ASI perah ke dalam lemari pendingin pada suhu 4 derajat celcius, namun jangan sampai menjadi es.

  40. Assyfa March 27, 2013 at 6:54 am #

    Ass…Bayi saya usia 4bln.kmarin imun disuntik DPT2 padahal bln llu jg disuntik DPT2 aku jdi cemas dampakx ap?

  41. ayu March 23, 2013 at 5:38 am #

    siang..
    Anak usia 6,5 bulan dah mulai makan. Tp BAB’y suka 3 atw 4 hari sekali.
    Sebelum’y ank sy ada batuk, minum antibiotik smpe 40 bks selama 1/2 bulan terkhir minum tgl 4 maret. Tp smpai sekarang kadang masih ada bercak kaya antibiotik yg pernah di minum waktu pipis walau ga setiap pipis dan kadang2 pipis’y agak ngeden.
    Trus klo mau tidur n malem nyusu’y sambil tiduran apa gpp..??? Trims’

    • tips-bayi March 25, 2013 at 7:39 am #

      ayu

      Pola BAB bayi belum tetap Bun… Bisa sering atau jarang.. Seiring dengan bertambah usianya maka pola BAB bayi Bunda akan terbentuk hingga jadwalnya akan terlihat.. Untuk frekuensi BAB, prinsip sederhananya “pengeluaran bagaimana pemasukan”

      Hmm… untuk saat ini karena sudah terlanjur di berikan antibiotiknya… ga apa apa..
      Sebenarnya jika hanya pilek atau flu biasa.. Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, dengan memberikan banyak ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok..

      Sebaiknya jangan Bun.. menyusui sambil tiduran dengan posisi miring sementara si bayi tidur telentang. Akibatnya, cairan tersebut tidak masuk ke saluran pencernaan, tapi ke saluran nafas. Bayi pun muntah. Karena itu, kalau menyusui, posisi bayi dimiringkan. Begitu juga ketika memberi makan kepalanya harus lebih tinggi dari kaki sehingga membentuk sudut 45 derajat. Jadi cairan atau makanan yang masuk bisa turun langsung ke bawah..

  42. Ummu aboode tythe March 9, 2013 at 9:09 pm #

    Hai tips
    Baby qu skrng umur 6 bln, asi exclusif. Sy ingin tnya knpa bila baby saya menyusu, perut saya tersa mual sprti mau muntah, itu sy alami dr wktu mlahirkan smpai skrng, sebab nya apa y dan cara mengatasi y
    Trima ksh

    • tips-bayi March 18, 2013 at 6:16 am #

      Ummu aboode tythe,

      Tidak ada hubungan langsung ASI yang keluar dengan perut Ummu mual.. Sepertinya Ummu ada masalah dengan asam lambung. Buatlah pola makan yang teratur, jangan biasakan menyusui ketika perut kosong. Minumlah air hangat atau makan buah-buahan segar ketika akan menyusui.. Dan jangan dibiasakan berfikiran “setiap saya menyusui akan mual..” ;-)

  43. susi lastuti March 8, 2013 at 7:36 am #

    Asslm,
    Siang tips bayi, aq ?ª? nanya, ank q skrg usiany 2bln 8hr, BBnya 4,2kg TBnya 57cm, berat lahirnya kmrn 2,8kg apkh BB n TBny normal untk usia skrg? Krn bln pertama naik 6 ons,bln k2 naik 8 ons, kt DSA kenaikan bbnya masi kurang stiap bln min 8ons-1kg untk 3bln pertama it ksmpatan emas bahkan ad ?ª?? naik ampe 1,5kg dlm sbulan, agak sedihh jg dgr kt2 DSA ??ã (itlah bukan saya melarang ASI kalo ?í tete’in langs qt tdk dpt mengukur sbrpa byk ank minum susu,)sptny menganjurkn untk sufor,pdhl aqnya 24jam sm ank q,stiap minat nyusu langs dsusui,?ª?? pernah telat,

    • tips-bayi March 18, 2013 at 6:05 am #

      susi lastuti,

      Wa’alaikumussalam,

      Siang.. Meskipun susu formula terlihat bisa mengganti ASI, akan tetapi Susu terbaik untuk bayi Adalah ASI.. Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

      Dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

      Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

      ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

      Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

      Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

      Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

      Anda bisa baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

      Oh ya Bun.. BB bayinya termasuk NORMAL.. karena termasuk 85% BB normal untuk bayi Indonesia.. Untuk tingginya cukup bagus Bun..jangan khawatir. ;-)

  44. Martini March 2, 2013 at 11:14 pm #

    selamat pagi…
    Kenapa ya anak saya gemuk sekali padahal anak saya cuma minum ASI aj tp beratnya udh 9kg umur 5bulan..

    • tips-bayi March 6, 2013 at 5:41 am #

      Martini,

      Obesitas pada anak diklasifikasikan berdasarkan hasil pengukuran berat badan dibandingkan panjang badannya. Dikatakan obesitas ringan bila perbandingan berat terhadap panjang badan antara 120-135%, sedangkan disebut obesitas berat bila perbandingan berat terhadap panjang badannya antara 150-200%.

      Jika orang tuanya gemuk, kemungkinan anaknya gemuk 40%. Jadi berarti ada 60% faktor lain penyebab gemuk seperti lingkungan, gaya hidup, asupan gizi, dan pengeluaran kalori.

      Seorang bayi menjadi overweight karena intake-nya lebih. Kalau masukannya lebih, tentu harus disimpan dalam bentuk kenaikan berat badan.

      Jadi.. sebaiknya pertahankan ASI sampai bayi Anda berusia 2 atau 2,5 tahun dan tunda pemberian MPASI sampai usia 6 bulan.. dan buat pola makan yang baik dengan menu buatan sendiri.. Itu cara mencegah obesitas.. Karena pemberian MPASI terlalu dini (dibawah 6 bulan) bisa membuka peluang obesitas.. ;-)

  45. bunda arka February 28, 2013 at 1:47 pm #

    aslm..bund,putra q br brumur 1 bln berat bdan 4kg,kl tdur kq posisi bdanny suka miring y bund?normal g sich bund?trz trkadang bdanny atw tgan sering brgetar knp y bund?

    • tips-bayi March 9, 2013 at 4:13 am #

      bunda arka

      BB bayinya NORMAL …karena termasuk BB ideal untuk bayi Indonesia… tinggi badannya termasuk ideal dengan BB dan usianya,

      Tidur miring normal saja.. dengan membiasakan gonta-ganti posisi tidur akan merubah bentuk kepala, bentuk kepalanya akan bagus, tidak peyang sebelah.
      Jadi manipulasi posisi tidur sangat berpengaruh. Maka posisikan tidur bayi Bunda bergantian dan berfariasi..

  46. Anonymous February 23, 2013 at 5:39 pm #

    assalam’mualaikum ..
    bun aku mau nanya niy .
    Bagus anak ku umur 2bln
    kenapa ya setelah imun dpt bagus kalo malem tidur nya gelisah, terus nenen nya juga rada kurang .
    gimana ya caranya supaya dia tidurnya tenang terus gembul lagi nenen nya ? Makasih

    • tips-bayi February 26, 2013 at 6:23 am #

      zaenia@rocketmail.com,

      Wa’alaikumussalam,

      Ada bengkak..? Bisa saja tidur gelisah karena rasa pegal atau sakit pada bekas suntikan. Insya Allah ini tidak akan berlangsung lama..

      Bisa juga tidur gelisah kemungkinan bayi Bunda terlalu banyak bermain atau ransangan dari orang sekitar untuk bermain, apalagi bila bermainnya menjelang waktu tidurnya, ini akan terbawa pada memorinya disaat tidur.., dan menyebabkan tidurnya lasak.. ini NORMAL..

      Nenennya agak kurang sepertinya karena bayi Bunda merasa tidak enak karena gelisah atau merasakan tidak enak badan.. Nantinya akan kembali NORMAL insya Allah.. ;-)

  47. panggeran January 11, 2013 at 7:40 am #

    waw, sangat bermanfaat sekali,,
    sekarang saya jadi tahu apa saja sih yang sebaiknya dikonsumsi agar ASI melimpah dan
    Apa saja yang tidak boleh dimakan oleh ibu yang sedang menyusui,,
    terimakasih,,

  48. yulia January 6, 2013 at 3:23 pm #

    Hi,,,,
    my baby skg umurnya 4 bln berat badanya 7,3 kg sedangkan berat lahirnya 3,29 kg dgn usia sekarang dia udah menunjukan tanda2 ingin mkn seperti memasukan tangan/semua yang dia pegang k mulut, nangis ketika melihat orang mkn spt ingin ikut mkn , sebelumnya hanya asi eksklusif aj apakah udah boleh apabila saya beri bu2r susu?

    • tips-bayi January 9, 2013 at 1:25 am #

      yulia

      Hmm.. BB bayi Bunda lebih ya.. itu berat ideal untuk bayi usia 6 bulan. Oh ya TB-nya berapa..? Kalau ideal dengan tingginya tidak masalah..

      Sudah mau makan ya bun…. ? boleh bun…;-)

  49. umi,syifa December 19, 2012 at 1:59 pm #

    Ass tips ni. Saya mau tanya anak saya umur7bln nanti tangl27 tips apa bolh anak saya kasih buah apel langsung di belender?o ya apa sih makan beby yg mau umur7bln?

    • tips-bayi December 21, 2012 at 4:35 am #

      umi syifa,

      Wa’alaikumussalam,

      Anda bisa memberikan buah apel tapi cari yang rasanya manis. Sisihkan kulitnya sebelum diblender..

      Untuk menu makanan bayi usia 7 bulan, silahkan kunjungi berbagai resep makanan bayi kami… ;-)

  50. cara December 12, 2012 at 3:47 pm #

    Hello,

    My baby skrg umurnya 5 bln…. masih minum ASI ekslusif, tetapi dia minum dengan botol sejak pertama kali menyusui. Nah yang ingin saya tanyakan, apakah boleh ASI dalam botol diminum sambil tiduran ? Apakah bayi tidak tersedak bila minum pada posisi itu ?? Karena selama ini ASI dalam botol selalu diminum dengan digendong dan posisi bayi duduk. Trims atas tanggapannya.

    • tips-bayi December 13, 2012 at 3:42 am #

      cara,

      Bagus sekali jika selama ini Bunda memberikan ASI dalam posisi duduk. Jika memang harus memberikannya dalam posisi terlentang, maka sebaiknya diganjal sehingga membuat posisi sedikit miring membentuk 45 derajat agar cairan yang masuk bisa turun dan tidak tersedak..

      Dan sebaiknya jangan dibiasakan memberikan botol susu ataupun empeng sambil tiduran. Selain ini akan menjadi lebih sulit dihentikan saat sudah menjadi kebiasaan. Dampak yang timbul tidak hanya fisik (seperti bentuk rahang dan gigi yang kurang baik), tapi juga psikologis. Dan.. Kebiasaan minum susu pada botol atau ngempeng sambil tiduran diindikasikan sebagai salah satu penyebab infeksi saluran telinga.

  51. mimih azwa November 25, 2012 at 1:37 pm #

    Hai tips..
    azwa skr umurnya 5 bln 2 minngu, sejak umur 3 bulan dia g mau minum asi, apa penyebabnya y? Trus kalo asi yang tidak di susukan selama 2 bulan itu boleh dikasi lagi ke bayi g tips?soalnya aq pengen nyusuin azwa lagi..
    Gimana caranya supaya azwa mau minum asi lagi?
    Makasi tips..

    • tips-bayi November 28, 2012 at 1:01 am #

      mimih azwa,

      ASI Bunda masih keluar..? Kalau masih dan Bunda ingin memberikan ASI kembali..
      Bisa saja Azwa waktu itu tidak mau ASI karena sedang hilang nafsunya karena sakit atau tidak enak badan..

      Karena Azwa sekarang sudah biasa mendapatkan susu dengan botol, maka jika Azwa menolak langsung disusui Bunda bisa memberikan ASI dengan botol, sambil dibiasakan kembali menyusui langsung

Leave a Reply