Kontroversi Posisi Bayi Tengkurap

Posisi bayi tengkurap banyak mengundang kontroversi. Adakah keuntungannya? Atau lebih banyak bahayanya?

Menyangkut posisi tidur bayi, American Academy of Pediatrics (AAP) menyimpulkan bahwa posisi terlentang tetap merupakan yang paling aman. Dengan posisi terlentang, terbukti bahwa sindrom kematian mendadak pada bayi (SIDS) dapat berkurang secara drastis. Walaupun memang dengan posisi terlentang, kekurangannya adalah adanya perubahan bentuk kepala si bayi.

Namun begitu, posisi bayi tengkurap tetap memiliki banyak keuntungan.

Keuntungan Posisi Bayi Tengkurap

  1. Memberikan kesempatan berisitirahat untuk bagian belakang kepala bayi
  2. Membantu menguatkan otot-otot leher bayi Anda, sebagai persiapan untuk merangkak
  3. Membantu mempercepat kemampuan bayi untuk mengangkat pantat, berguling, duduk, hingga akhirnya berdiri
  4. Membantu memperbaiki perkembangan motorik bayi Anda
  5. Membantu perkembangan otot-otot kaki

Variasi Tengkurap pada Bayi

  1. Letakkan bayi Anda dengan posisi tengkurap, di atas perut Anda yang sedang berbaring
  2. Tengkurapkan bayi Anda pada alas yang padat dan aman, seperti di atas selimut di lantai
  3. Gendong bayi Anda pada lengan Anda dengan posisi tengkurap
  4. Tengkurapkan bayi Anda di atas bola besar dengan terus dipegang bagian punggung dan pantatnya. Anda bisa memaju-mundurkan bola tersebut perlahan-lahan

Selama bayi Anda dalam posisi ini, teruslah mengajaknya berbicara dan bermain, agar ia tidak merasa kesal. Awasi juga anak-anak yang lain, jangan sampai mencelakai si kecil.

Jika ia tertidur dengan posisi tengkurap, jangan biarkan ia sendirian dan tidak terawasi. Balikkanlah badannya agar ia tidur dengan posisi terlentang.

Berapa Lama Waktu yang Aman untuk Tengkurap?

Anjurannya adalah sekitar 30 menit setiap hari. Anda bisa melakukannya langsung, atau bisa dibagi-bagi menjadi beberapa kesempatan.

Dan jangan memaksakan kegiatan ini jika bayi Anda sedang merasa kesal. Cari waktu dimana ia sedang senang, agar ia menyukai posisi ini.

Tidak ada artikel yang berhubungan.

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

, ,

167 Responses to Kontroversi Posisi Bayi Tengkurap

  1. anne April 1, 2014 at 7:15 pm #

    assalamualaikum.
    usia bayi saya 1 bulan 9 hari. kepalanya sudah tegak dan bisa noleh kiri kanan dg sendirinya. dan bayiku paling seneng kalo tidur terkurep di pangkuan saya. apa tidak masalah?
    lalu kemarin bayiku di berenangin di kolam dengan memakai pelampung di kepalanya. tapi saya dapat referensi untuk spa minimal berat badan nya 5kg. kemarin saya gak tau bb bayiku berapa. tapi pas usia sebulan pas beratnya cm 4.5kg. yg saya tanyakan, apa dampak jika bayi di berenangin tapi beratnya belum sampai 5kg?
    terima kasih

    • tips-bayi April 8, 2014 at 2:45 pm #

      anne,

      Wa’alaikumussalam,

      Tidur tengkurap dipangkuan tidak masalah asal jangan terlalu lama. Untuk awal-awal durasinya sebentar saja, selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Anda bisa mulai mengajak si kecil berenang sejak usia 1,5 bulan, untuk BB tidak terlalu berpengaruh.. Karena pada dasarnya, bayi sudah bisa mulai diajak ‘nyebur’ sejak baru lahir lho!

      Karena usia bayi Anda masih di bawah 6 bulan, sebaiknya proses berendam atau berenang dilakukan dengan air hangat. Oleh sebab itu, jika Anda berniat membawanya ke kolam renang umum, pastikan airnya hangat. Kolam renang besar dengan air dingin dikhawatirkan akan terlalu dingin untuk bayi di bawah 6 bulan. Mulailah berenang selama 10 menit. Jika sudah terbiasa, Anda bisa membiarkannya berada dalam air hingga selama 1/2 jam (untuk anak usia < 1 tahun, sebaiknya berenang tidak melebihi 1/2 jam). Perhatikan jika si kecil sudah mulai menggigil – segera keluarkan ia dari air.. ;)

  2. dita March 14, 2014 at 6:31 pm #

    Mau nanya bayi sy 8.5 bulan sdh lancar jalan, semua tahap dilewati dengan urut, hanya saja ketika tahap merangkak tidak dengan lutut melainkan dengan telapak kaki dan tangan. Normalkah?dan apakah berpengaruh dengan tumbuh kembangnya?

    • tips-bayi April 1, 2014 at 3:00 am #

      dita,

      Masih NORMAL Bun.. Bahkan ada juga yang ngesot tidak merangkak.. ;)

  3. lin December 27, 2013 at 6:05 am #

    bayi saya umur 4 bln kurang 2hari belum bisa tengkurap,, bisa menggangu pertumbuhanya gak?

    • tips-bayi January 3, 2014 at 3:44 am #

      lin,

      Pertumbuhannya tidak terganggu, hanya saja tetap perlu kita rangsang agar perkembangan kemampuannya bisa lebih cepat.

      Untuk melatih tengkurap, Bunda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Bunda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Bunda bisa melihat kesiapan bayi Bunda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Bunda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Jangan menengkurapkan bayi Bunda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu.. :)

    • Ambar January 30, 2014 at 7:35 am #

      Tipsbayi saya mau tanya ank saya umur 3bln lbih 1 hari udah bisa miring,ngerti di ajk cium pipi kanan dan kiri,pntr dy aj ngobrol lw di ajk bicara sllu di jawab,dll. Tpi anak saya kok belum bisa tengkurap ya??? Padhal dy anknya aktif,ngk pernah nangis/ cerewet.

      Kasih saran ya tipsbayi biar anak saya cepet tengkurap :)

      • tips-bayi February 15, 2014 at 3:41 am #

        Ambar

        Alhamdulillah kalau bayi Bunda sudah bisa miring dan aktif..;-)

        Bunda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan, termasuk tengkurep.

        Sementara bantu saja dulu bayi Bunda tengkurap.

  4. bunda afiqa December 12, 2013 at 2:03 am #

    Assalamualaikum..mau tnya neh..bebiku udah 7 bulan lbih 5 hari..udah bisa telungkup-telentang,tp klo pas telungkup cm sbntar trus telantang lagi,dpt mmpengaruhi tahap merangkaknya ga??trus afiqa malah lbih suka didudukan..klo didudukan lama bget..apa ga ap2 yaa bun??trimakasih

    • tips-bayi December 19, 2013 at 5:41 am #

      bunda afiqa,

      Wa’alaikum salam..

      Ya benar Bun.. untuk tengkurap, awal-awal jangan terlalu lama.. kecuali sudah bisa tengkurap sendiri dan kepalanya sudah tegak. Aktifnya atau seringnya Afiqa merubah posisi ke posisi tengkurap akan mempercepat perkembangan kemapuan merangkaknya. Akan tetapi perkembangan kemampuan setiap bayi akan berbeda.

      Didudukan sementara harus bersandar dengan kemiringan yang landai. Jangan mendudukan lama tanpa sandaran jika belum bisa tegak pinggangnya.. :)

  5. Claire November 21, 2013 at 5:58 pm #

    Pertanyaan saya, apakah umum di jaman sekarang banyak bayi yang sudah bisa tengkurap di usia 1 atau 2 bulan?

    • tips-bayi November 25, 2013 at 6:18 am #

      Claire,

      Meskipun ada yang mulai ditengkurapkan pada usia 1 atau 2 bulan akan tetapi sebaiknya jangan dulu.. Tunggu sampai usia 3 bulan.. ;)

  6. Rere October 19, 2013 at 1:02 pm #

    Mau tanya ni, anak saya usianya udah 3 bulan lebih, kalau tidur sukanya tengkurap, akibat bayi tidur tengkurap itu apa ya??

    • tips-bayi October 21, 2013 at 7:11 am #

      Rere,

      Posisi bayi tidur tengkurap akan melatih paru-parunya menjadi kuat. Tapi tentu saja dengan pengawasan.

      Dan bayi yang ditengkurapkan haruslah cukup bulan. Dengan demikian, bayi sudah bisa memindahkan kepalanya sendiri. Bila kemampuan ini belum dimiliki, dikhawatirkan muka bayi tertelungkup tertutup kasur dan menyebabkannya sulit bernapas.

  7. bunda dafa October 5, 2013 at 6:10 pm #

    Mau tanya donk,dafaku dari 2bulan udah aku dudukin,skarang usia nya udah 4bulan aku merasa tulang nyabelakang nya agak keluar,apa mungkin nanti nya dafa jd bongkok?sebaik nya sy tangani gimana ya, soal nya aku takut besar nya ia jadi bongkok,,apa aku urut saja?
    Umur 3 bulan dafa udah bisa tengkurap tp blum bisa balik sendiri,skrang kalo tidur suka miring sendiri tp nanti terlentang lgi sendiri,

    • tips-bayi October 7, 2013 at 6:19 am #

      bunda dafa,

      Benar Bun.. sebaiknya Bunda jangan dulu membiasakan mendudukan tanpa sandaran atau memberdirikan jika belum waktunya, kasihan terlalu membebani tulang belakangnya.. Jadi mulai sekarang jangan dulu ya Bun..

      Perkembangan kemampuan bayi, misalnya tengkurep, duduk atau berjalan sifatnya individual berbeda bayi satu dengan yang lainnya, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.. Ada yang cepat di awal-awal atau juga ada yang cepat di kemudian harinya.. Jadi jangan terlalu khawatir Bun.. ;)

      Kalau mau urut boleh.. lihat cara pijat bayi

  8. Danish Mom October 5, 2013 at 2:17 am #

    Anak saya usianya hampir 9 bulan, setelah saya perhatikan kepalanya cenderung miring ke kiri..saya takut ini akan berlanjut..mohon di infokan bagaimana supaya kepalanya bs tegap kembali…

  9. khairina September 24, 2013 at 3:09 pm #

    Sy mw nanya, bayi sy umur 4 bln, kmrn imunisasi DPT2,sblm imnss dy candu telungkup, tp stlh imnsasi g bsa lg telungkup. Ud 6 hari. Tp gerak kaki_y ttp lincah. Knpa yaaa?

    • tips-bayi September 28, 2013 at 3:54 am #

      khairina,

      Hmm… Jangan khawatir Bun.. gak ada hubungannya imunisasi dengan gak mau tengkurap.. :) Tapi bisa saja tidak minat tengkurap lagi karena tangannya masih terasa pegal sehabis imunisasi, Bunda bisa lihat beberapa hari kedepan insya Alloh bayi Bunda ketagihan lagi tengkurap..

      Untuk sementara jika masih agak malas untuk berusaha tengkurap sendiri, Bunda bisa bantu untuk berusaha tengkurap kembali..

  10. tamaela May 15, 2013 at 2:55 pm #

    mom , mau tanya my baby 8m , dari umur 7m aku sering dudukin sendiri d’kasur gpp kan yia ? kepaLa uda tegak , skrg jg uda bisa mengatur keseimbangan .. kan ada yg biLang tuh nanti bungkuk Lah .. bener gag tuh mom ?

    • tips-bayi May 22, 2013 at 4:05 am #

      tamaela,

      Kalau kepala sudah tegak dan pinggangnya sudah bisa menopang badannya dengan baik, tidak apa-apa.. Baby Anda sudah bisa duduk kan..?

      Perlu diketahui, perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda.. Jadi kemungkinan usia segitu juga ada yang belum bisa duduk seperti baby Anda.. ;-)

  11. mama nouval April 17, 2013 at 3:35 pm #

    Artikel2 di sini sangat bermanfaat. Terima kasih tambaha ilmunya.
    Saya py bayi hampir 5 bl. Sebenarnya dia sdh miring dg sempurna, tp malas tengkurap. Kalau miring2, dia sampai tangannya terjepit badannya spt bayi yg belajar tengkurap, tp jika sdh di pisisi itu, dia cepat2 membalikkan badannya. Spt tdk nyaman kalau perutnya tertekan.
    Kalau ditolong tengkurapnya dia sdh baik mengangkat dadanya sehigga kepalanya bebas menoleh.
    Bgm rangsangan lanjutanya? Terima kasih.

  12. ummi nadia April 13, 2013 at 3:41 pm #

    assalammu’alaikum..
    bayi saya usia nya 5 bulan kurang 5 hari, tapi tengkurep nya blm terlalu.. masih suka di bantu2 gitu..
    normal ga? terus BB nya 7,3kg untuk anak usia segitu normal ga BB nya?makasih…

    • tipsbayi April 13, 2013 at 1:27 am #

      BB normal bunda, bahkan di atas rata-rata… Perkembangan tengkurapnya juga tidak masalah, karena tidak setiap bayi sama…

  13. Lia April 8, 2013 at 1:37 pm #

    Bayiku laki2 4 bulan 1 minggu bb nya 8,3 kg udah bisa tengkurap tp belum bisa balik lagi…karena baru bisa tengkurap jadi hobi bgt tidurnya jg posisi tengkurap dia sendiri yg milih posisi begitu..udah kita telentangin 5 menit kemudian udah brubah posisi,kepala udah tegak dan bolak balik posisi kepalanya udah bisa,walau bbnya besar tp gerakanya lincah…tenang jadinya baca coment diatas kl tidur tengkurap g papa asal diawasin

  14. hendra March 15, 2013 at 7:15 pm #

    Bayi saya umu 5 bulan 8 hari, beratnya 8,5 kg klo tidur selalu terlentang, belum bisa tengkurep sendiri, klo ditengkurepin kyk gk kuat kepalanya jatuh, diangkat, begitu terus, apakah gak papa? Oiya anak saya ini selalu
    apa2 minta gendong, klo kata orang sih bau tangan, apa kah ini juga termasuk penyebab dia susah tengkurep mas?

    • tips-bayi March 20, 2013 at 3:52 am #

      hendra

      Hmm.. BB bayi Bunda lebih… Itu BB untuk usia 8 bulanan, makanya untuk tengkurap dan balik sendiri bayi Bunda agak sedikit kesulitan.. Akan tetapi Bunda jangan khawatir..

      Kepala belum bisa tegak..? Bunda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan, termasuk tengkurep.

      Jadi Bun..tidak ada hubungannya dengan bayi yang sering minta digendong jadi tengkurapnya susah…;-)

  15. ade ernawati February 26, 2013 at 3:58 pm #

    Mau tanya anak saya umur 6 bulan, setelah saya perhatikan pada saat didudukkan dan berdiri kepalanya miring sebelah kanan…saya khawatir terus berlanjut sampai dia besar…bagaimana solusinya ya???

    • tips-bayi February 27, 2013 at 4:37 am #

      ade ernawati

      Insya Allah masih bisa berubah.. Selain membiasakan gonta-ganti posisi menyusu juga biasakan bayi Anda tidur miring bergantian atau tengkurap.

    • Danish Mom October 5, 2013 at 2:07 am #

      Maaf Bunda Ade Ernawati mau nanya gmn perkembangan putranya sekarang ? apa masih suka miring ndak ? karena ini anak saya, setelah saya perhatikan juga kepalanya suka miring ke kiri..ini usianya hampir 9 bulan..saya jg khawatir kalo berlanjut..mohon infonya..makasih..

      • tips-bayi October 7, 2013 at 3:36 am #

        Danish Mom dan Bunda Ade Ernawati

        Masih usia 9 bulan ya.. Insya Alloh masih bisa berubah Bun.. Itu namanya tortikolis, tortikolis dapat terjadi tanpa sebab yang diketahui, atau diturunkan dari keluarga, atau akibat trauma pada serabut syaraf atau juga karena adanya kerusakan otot leher pada proses persalinan.

        Penyembuhannya bukan sekedar dipijat dan dengan manipulasi tidur, tapi dengan latihan stretching yang harus setiap hari dilakukan. Pada bayi atau anak kecil umumnya penarikan atau stretching ini mula-mula dilakukan di rumah sakit di unit fisioterapi. Di situ ibu akan diberi pegangan dan bimbingan bagaimana cara melakukannya di rumah.. Latihan penarikan ini umumnya berhasil bila serius dilakukan, dan jarang tortikolis pada anak kecil/bayi harus dioperasi untuk memperbaikinya. Kalau latihan ini berhasil tentu kepala anak ibu tidak miring lagi.. ;)

  16. arie February 11, 2013 at 2:00 pm #

    Saya mau tanya bayi saya umur 5hari tarpi sudah miring kekanan dan kiri bahkan barusan dia berusaha untuk tengkurap. Apakah hal tersebut normal dan apa yg musti saya lakukan
    Trims

    • tips-bayi February 13, 2013 at 12:45 am #

      arie,

      Masya Allah.. benar ya..? :-)

      Sebaiknya Anda perlakukan sesuai dengan usia dan tahapannya. Posisi bayi tidur tengkurap akan melatih paru-parunya menjadi kuat. Untuk bayi yang belum tengkurap boleh saja sesekali ditidurkan dengan posisi tengkurap, tentu saja dengan pengawasan dan belum boleh untuk bayi yang baru berusia 5 hari.

      Meski demikian, bayi yang ditengkurapkan haruslah cukup bulan. Dengan demikian, bayi sudah bisa memindahkan kepalanya sendiri. Bila kemampuan ini belum dimiliki, dikhawatirkan muka bayi tertelungkup tertutup kasur dan menyebabkannya sulit bernapas.. ;-)

  17. riris January 21, 2013 at 4:06 am #

    bayi saya umur 5bln 9hr,skrg lbh sering tdur,bgnnya klo mau mimik aja abis itu ga lama tdur lg dgn posisi tdur selalu tengkurep,apa itu aman bwt bayi saya?trimaksih

    • tips-bayi January 22, 2013 at 2:06 am #

      @ riris,

      Memang Bun..biasanya posisi tengkurap bagi bayi yang sudah bisa tengkurap sendiri akan menjadi posisi paling disenangi, Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait dengan bayi tidur tengkurap :

      * Upayakan alas tidur bayi rata. Ada baiknya tidur di atas kasur busa yang padat.
      * Gunakan sprei dengan rapi dan tidak mudah mengkerut.
      * Lepaskan bedong saat bayi Anda tidur, agar tidak mengganggu pernafasannya.
      Pastikan saat bayi kita tidur tengkurep adalah posisi hidung bayi, jagan sampai tertutup.
      Temani bayi Anda saat ia tidur. Jangan pernah ditinggal-tinggal sendiri untuk waktu yang cukup lama.

  18. subroto May 14, 2012 at 4:51 am #

    anak saya sudah 3 bulan setengah tapi belum bisa mengangkat kepala…apa penyebabnya…
    terima kasih

    • tips-bayi May 16, 2012 at 6:24 am #

      @ subroto,

      Bayi Anda sudah bisa berguling ..?Tapi memang perkembangan setiap bayi kan tidak sama. Untuk melatihnya, coba berbagai tips berikut…

      Letakkan bayi pada posisi telungkup. Gerakkan sebuah mainan berwarna cerah atau buat suara-suara gembira di depan bayi sehingga ia akan belajar mengangkat kepalanya. Secara berangsur-angsur ia akan menggunakan kedua lengannya untuk mengangkat kepala dan dadanya.

      Letakkan mainan berwarna cerah di dekat bayi agar ia dapat melihat dan tertarik pada mainan tersebut. Kemudian pindahkan benda tersebut ke sisi lain dengan perlahan. Awalnya bayi perlu dibantu dengan cara menyilangkan paha bayi agar badannya ikut miring sehingga memudahkan bayi berguling. Ketika ia berguling, senyum dan tunjukkan rasa kasih sayang. Jaga bayi agar tidak jatuh dari tempat tidur, meja atau dari ketinggian lainnya.

  19. qeewee May 13, 2012 at 7:13 am #

    Orang tua saya bilang ‘tidak boleh membuat bayi tengkurap kalo belum saatnya’.
    Apa itu benar? saat ini umur bayi saya 5 bulan hanya beberapa kali saja tengkurap, seperti malas atau tidak bisa tengkurap. bolehkah kita membuatnya tengkurap tidak dengan usahanya sendiri?

    • tips-bayi May 16, 2012 at 3:06 am #

      @ qeewee,

      Boleh boleh saja ..Untuk melatih tengkurap, Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu ..

  20. Yhoulieasef May 10, 2012 at 2:54 pm #

    Asslamualaikum..
    Ananda q brumur 3bln 1mggu kepala sdh bsa tegak tp posisi miring blm bsa apalagi tgkurap msh sll di bantu,tp nanda skrg lbh smgat untuk duduk+brdiri,ap tdk bahaya jka nanda sdh di ajak du2k+brdiri mgingat usiax yg msh kcl..?
    1 lg, nanda senang skali mengemut jmpol tganx ap tdk brbhaya untk prkmbangan mulut+gigix?
    Wssalam, trims:-)

    • tips-bayi May 11, 2012 at 7:26 am #

      @ Yhoulieasef,

      Waalaikumsalam..

      Anda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan… Dan bahkan terkadang ada juga yang tidak melalui tahapan yang biasa. Misalnya tidak merangkak tapi langsung berdiri dan berjalan. Ada juga yang ngesot tidak merangkak.. Jadi setiap bayi akan berbeda.. terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. Keturunan sangat berpengaruh.. ;-)

      Sering saja Anda melatih bayi Anda tengkurap. Biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu ..

      Tetapi perkembangannya harus melalui tahapan jangan ada tahapan yang dilewat. Maksudnya, contoh belum belajar duduk sudah ditatah untuk belajar berdiri.. ini jelas tidak dianjurkan karena pinggang dan tungkainya belum siap..

      Nanda ngemut jempol terus ya..? Tidak bahaya.. Untuk masalah mengisap jempol ini memang KEBIASAAN beberapa bayi seumuran bayi Anda.., tetapi sebaiknya sebisa mungkin Anda alihkan dengan ASI saja, turunkan dengan perlahan tangan bayi Anda dari mulutnya dengan cara perlahan dan ajak berbicara lalu alihkan dengan ASI sampai bayi Anda tertidur.., mudah-mudahan dengan DIBIASAKAN begini maka KEBIASAAN mengisap jempol akan hilang..

  21. rina May 2, 2012 at 1:46 pm #

    mw tnya nich, babyq udh umur 6bln,kpla-y jg udh kuat cm msh agk miring2 sich, bb-y 7.5kg. Tp kok blm bs tengkurap y,emg ndak pa2 tha?ad pngaruh-y g? Mohon d’jlskan y… Thank’s

    • tips-bayi May 7, 2012 at 1:18 pm #

      @ rina

      Anda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.

      Untuk melatih tengkurap, Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu .. ;-)

  22. kathleen March 2, 2012 at 2:13 am #

    anak saya waktu masi 1 bulanan dia sukanya tidur tengkurap…kalo dia tidur tengkurap bisa 2-3jam baru bangun..itu ada efek sampingya ga? karena yg d anjurkan untuk seharinya 30 menit?
    soalnya sampe hari sekarang (masuk 3 bulan) dia nyamannya tidur tengkurap…thx

    • tips-bayi March 7, 2012 at 3:47 am #

      @ kathleen,

      Memang kebanyakan bayi akan lebih lelap tidur dalam posisi tengkurap.. Anda jangan khawatir.. ;-)

      Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait dengan keamanan posisi bayi tidur bayi :
      * Upayakan alas tidur bayi rata. Ada baiknya tidur di atas kasur busa yang padat.
      * Gunakan sprei dengan rapi dan tidak mudah mengkerut.
      * Lepaskan bedong saat bayi Anda tidur, agar tidak mengganggu pernafasannya. Lepaskan kain bedong dari tubuh bayi saat akan ditengkurapkan. Jangan lupa, bayi masih bernapas melalui perut, dibedong hanya akan mengganggu gerak pernapasan perutnya, apalagi bila bayi sedang tidur tengkurap.

      Pastikan saat bayi kita tidur tengkurap adalah posisi hidung bayi, jagan sampai tertutup. Dan.. Selalulah awasi bayi Anda, jangan lengah..

      Anda juga bisa baca artikel lainnya:

      http://www.tipsbayi.com/waktunya-tengkurap.html

  23. ali February 9, 2012 at 5:47 am #

    anak saya umur 5 bulan, tidurnya slalu miring kekiri atau ke kanan. di khawatirkan tengkleng. gimana cara menanggulanginya.
    thank”s

    • tips-bayi February 15, 2012 at 3:25 am #

      @ ali,

      Membiasakan bayi Anda tidur miring bergantian atau tengkurap, justeru itu bagus untuk membentuk kepala agar tidak peyang.. Dan tidur posisi miring memang baik untuk perkembangan tengkorak kepala bayi Anda.. ;-)

  24. melany December 3, 2011 at 6:44 am #

    saya mempunyai bayi usia 4 bulan 19 hari.bayi saya itu sudah bisa miring miring gitu tapi saya khawatir sejak bayi saya bisa miring badannya suka anget anget.apakah itu salah satu tanda bahwa anak saya mau tengkurap.makasih

    • tips-bayi December 15, 2011 at 3:50 am #

      @ melany,

      Benar.. badan miring itu tanda pengen tengkurap.. Tapi anget-anget itu tidak pasti tanda mau tengkurap.. ;-)

      Tapi jika memang badannya panas.. berarti bayi Anda Demam..

      Bayi Anda mengalami demam apabila dengan pengukuran suhu temperatur :
      - Termometer pada rektum atau anus melebihi 38 derajat celcius
      - Termometer pada mulut melebihi 37,5 derajat celcius
      - Termometer pada ketiak melebihi 37 derajat celcius

      Cara paling umum dan tradisional dalam menangani demam di rumah adalah dengan mengompres. Mengompres memang diperbolehkan dan dianjurkan dengan air hangat (suhu 29,4-32,2 derajat Celcius).

      Cara mengompres yang benar :

      1. Berikan obat penurun panas 30 menit sebelum mengompres.
      2. Kompres menggunakan lap yang telah dibasahi dengan air hangat bersuhu 29,4 – 32,2 derajat celcius dan telah diperas, kemudian usapkan ke badan, lengan dan tungkai.
      3. Jangan menggunakan air dingin atau alkohol untuk mengompres, karena alkohol akan diserap kulit atau dihirup pernafasan, dapat menyebabkan koma.. ;-)

  25. bunda dea October 10, 2011 at 11:42 am #

    bayi sy umur 4bln sudah bisa miring bs tengkurap tp kepala belum bs tegak padahal bayi sebaya dg nya bahkan yg sebulan d bw dia ada yg sudah bisa tegak kepalanya sy cemas karena sebelum hamil sy kena tokso,sampe umur berapa bulan kah normalnya keppala bayi bisa tegak

    • tips-bayi December 2, 2011 at 1:30 am #

      @ bunda dea,

      Biasanya sejak usia 2,5 bulan sudah bisa miring-miring. Dari usia 3 – 5 bulan bayi akan mulai kepalanya bisa tegak. Akan tetapi terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.Perkembangan fisik dan kemampuan setiap bayi akan berbeda dan bersifat individual.. Setiap bayi sangat bervariasi dan tidak ada dua orang anak akan mempunyai jadwal pertumbuhan yang sama, meskipun kakak beradik sekalipun. Faktor keturunan sangat berpengaruh..

      Kami sarankan, selalulah konsultasi dengan DSA Anda untuk mengetahui perkembangan bayi Anda.. ;-)

  26. janna September 23, 2011 at 5:15 am #

    anak sya berumur 4 bulan n sejak umur 2 bulan 3 minggu sdh tdr telungkup tp ko’ lma jg klu sy gendong arah depan belum angkat kepala tp sdikit2 ad jg. ap ng masalah hal itu??? n pda umur rpa ank bsa angkat kepala

  27. keyla mom April 10, 2011 at 3:55 pm #

    dear tips…

    mw nanya dunk, bayi saya berusia 2 bulan 3 minggu tapi dia sangat senang digendong dalam posisi berdiri sambil didekap erat ke dada atau menghadap ke depan posisi duduk, apakah itu tidak menyebabkan masalah pada tubuh bayi saya di kemudian hari?? tks

    • tipsbayi April 16, 2011 at 2:58 am #

      @ keyla mom,

      Usia Keyla belum saatnya didudukan.. Tapi memposisikan Keyla duduk di pangkuan tidak apa-apa asal badan Keyla sepenuhnya bersandar didekap erat dan kemiringannya jangan sampai membebani pinggang Keyla.. ;-)

  28. yudith February 9, 2011 at 3:20 pm #

    bolehkah by 2 bln diposisikan agak duduk di atas stroller??

    • tipsbayi February 17, 2011 at 2:11 am #

      @ yudith,

      Bayi Anda baru 2 bulan ya.. Jangan dulu deh.. terlentang dulu saja.. ;-)

  29. tipsbayi October 5, 2010 at 2:46 am #

    @ Endang wahyu Ni’mah,

    Wa’alaikum salam,

    Wah.. Aktif ya..? Anda jangan khawatir, awasi saja terus bayi Anda. Yang penting tidak ada paksaan yang Anda lakukan, itu berjalan dengan sendirinya kan..?

    Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait dengan bayi tidur tengkurap :
    * Upayakan alas tidur bayi rata. Ada baiknya tidur di atas kasur busa yang padat.
    * Gunakan sprei dengan rapi dan tidak mudah mengkerut.
    * Lepaskan bedong saat bayi Anda tidur, agar tidak mengganggu pernafasannya. Lepaskan kain bedong dari tubuh bayi saat akan ditengkurapkan. Jangan lupa, bayi masih bernapas melalui perut, dibedong hanya akan mengganggu gerak pernapasan perutnya, apalagi bila bayi sedang tidur tengkurap.

    Pastikan saat bayi kita tidur tengkurap adalah posisi hidung bayi, jagan sampai tertutup. Dan.. Selalulah awasi bayi Anda, jangan lengah.. ;-)

  30. Endang wahyu Ni'mah October 2, 2010 at 9:43 am #

    Ass.Mf, saya lagi bingung&khawatir. Skrg putriku 1,5 bulan tapi kok tiba2 dia isa berbaring miring sendiri trus tengkurap sendiri.saya takut ni..Mohon pendapatnya.

  31. tipsbayi August 19, 2010 at 2:16 am #

    @ ivana,

    Sebagai pertimbangan Anda, imunisasi MMR termasuk imunisasi anjuran, yang diberikan ketika usia anak 15 bulan. Mengapa 15 bulan? Dianggap anak seusia ini sudah lancar bicara dan jalan.

    Untuk anak yang belum lancar bicara dan jalan, pemberian imunisasi ini bisa diundur kok hingga ia berusia 2 tahun…

  32. ivana August 16, 2010 at 4:36 am #

    Anak saya umur 14 bulan, apakah imunisasi MMR dapat diberikan nantinya pada usia 15 bulan..?
    Karena saya pernah dengar imunisasi MMR dapat menyebab kan anak menjadi Autis.
    Sekarang anak saya udah lancar jalannya dan ngomong nya juga lumayan ( mama, papa, mamam)

  33. tipsbayi July 29, 2010 at 2:22 pm #

    rona:

    Sering miring ke kiri.. Berarti masih suka ke kanan juga ya..?
    Anda jangan khawatir apabila jawaban Anda “YA”..

    Saat tidur kepala bayi, memang mungkin saja cenderung menoleh ke satu sisi. Namun, kepala bayi tetap dapat menoleh ke sisi lain. Hal seperti ini biasa ditemukan pada bayi, dan normal.. ;-)

    Tetapi, bila kepala bayi terus menerus menoleh dan miring ke satu sisi serta tidak dapat menoleh ke sisi lain, maka keadaan ini merupakan hal yang tidak wajar. Keadaan seperti itu biasa disebut sebagai tortikolis

    Tortikolis dapat disebabkan oleh berbagai sebab, antara lain: trauma saat lahir, atau mal posisi ketika janin dalam rahim. Selain itu, tortikolis dapat disebabkan oleh spasme otot leher ( kejang otot leher). Spasme ini dapat dipicu oleh infeksi virus atau regangan otot leher karena posisi tidur yang salah..

  34. tipsbayi July 29, 2010 at 2:16 pm #

    Aam:

    Bentuk kepala bayi Anda masih akan terus berubah. Hal ini karena sambungan antar tulang-tulang tengkorak yang terdiri dari tulang rawan dan ubun-ubun baru mulai mengeras di usia 9 bulan dan menutup sempurna pada usia 18 bulan.

    Sepertinya bayinya sudah bisa tidur dalam posisi tengkurap, maka manipulasi posisi tidur tengkurap, miring ke kanan atau ke kiri secara bergantian. Ini akan menolong pembentukan kepala yang lebih bundar.. ;-)

  35. tipsbayi July 29, 2010 at 2:10 pm #

    Made dan Yan:

    Siang.. :-)

    Benar yang Yan utarakan, Usia 5 sampai 7 bulan bayi sudah bisa belajar duduk sendiri. Perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda meskipun kakak beradik.. karena perkembangan bayi bersifat individual..

    Melatih duduk sendiri, Anda bisa mencobanya dengan BERTAHAP, menyandarkan dengan kemiringan yang cukup, lalu menopangnya dan untuk seterusnya Anda bisa sedikit demi sedikit melepaskan pegangan Anda sampai bayi Anda bisa duduk tegak..

    Apabila memang bayi Anda sudah bisa duduk tegak.. Anda jangan khawatir, dan jelaskanlah kepada orang tua Anda dengan lemah lembut dan dengan bahasa yang kira-kira tidak menyinggungnya.. ;-)

    Hernia Inguinalis (Turun berok) dapat terjadi pada bayi, anak sampai orang dewasa dan orang tua. Pada bayi dan anak hernia ini disebut hernia herediter (bawaan lahir), semantara pada orang dewasa dan orang tua disebut hernia acquired (didapat)..

  36. rona July 26, 2010 at 11:00 am #

    bayi saya udah 5 bulan & udah bisa tegak kepalanya. yg ingin saya tanyakan kenapa tegak kepalanya sering miring kekiri.trims

  37. Aam July 25, 2010 at 4:36 am #

    Pengalaman yang pernah saya lihat : Ada bayi berumur 4 bulan sudah terlanjur di sebelah kiri belakang kepalanya berbentuk rata, mungkin akibat posisi kepala bayi ketika tidur yang sering ke sebelah kiri. Apa masih mungkin bentuk kepalanya tersebut dapat bulat kembali? Mohon masukannya…. terima kasih

  38. Yan July 24, 2010 at 6:12 am #

    Saya punya pengalaman waktu anak saya umur 5 bulan sudah bisa duduk mesti tidak dalam waktu lama… Saya tidak memaksakan anak saya untuk duduk tetapi anak saya sering lompat-lompat kalau diberdirikan dgn dipegang badannya dari samping dibawah ketiak. Sekarang anak saya berumur 1thn 7 bulan… sangat aktif…
    Yach ..saran saya jangan didudukkan dalam waktu lama… yang penting buat dia nyaman saat duduk.. jika dia sudah bosan bisa tengkurapkan lagi…
    Kalau turun berok saya belum begitu tahu…
    Semoga baby anda sehat selalu…

  39. Made July 23, 2010 at 8:40 am #

    Selamat siang..

    Saya mau nanya bayi saya sudah berumur 6 bulan 2 minggu. Sebenarnya dia sudah bisa duduk dengan tegak tanpa di pegang tapi saya sering dimarah oleh mertua saya kalau anak saya saya dudukan, dengan alasan belum waktunya katanya, dan nanti anakmu bisa turun berok. jadi saya takut juga mendudukan anak saya. Benarkah perkataan mertua saya..? apa yang menyebabkan anak turun berok dan penyakit apa itu… Thank’s infonya..

  40. Made July 22, 2010 at 7:37 am #

    Selamat siang..

    Saya mau nanya bayi saya sudah berumur 6 bulan 2 minggu. Sebenarnya dia sudah bisa duduk dengan tegak tanpa di pegang tapi saya sering dimarah oleh mertua saya kalau anak saya saya dudukan, dengan alasan belum waktunya katanya, dan nanti anakmu bisa turun berok. jadi saya takut juga mendudukan anak saya. Benarkah perkataan mertua saya..? apa yang menyebabkan anak turun berok dan penyakit apa itu… Thank’s infonya..

  41. tipsbayi July 21, 2010 at 4:41 am #

    andi:

    Kuping gede atau kecil, itu bawaan lahir.. Tidak bisa dirubah dengan posisi tidur..
    Yang biasanya bisa terpengaruh oleh posisi tidur adalah bentuk tengkorak kepala..

    Maka manipulasi posisi tidur sangat berpengaruh pada bentuk kepala bayi.. Meskipun demikian, tetap bentuk kepala sangat dipengaruhi juga oleh keturunan atau bawaan lahir.. ;-)

  42. tipsbayi July 21, 2010 at 4:34 am #

    maya:

    Digendong dalam posisi tegak, dengan posisi punggung dan pinggang bayi Anda rapat pada badan Anda.. Itu tidak mengapa.. Berarti badannya masih ditopang penuh oleh Anda.. Itu BOLEH tidak berbahaya..

    Apabila badan bayi Anda tidak ditopang maka ini yang berbahaya.. Karena meskipun lehernya sudah bisa tegak tapi pingganya belum lho.. ;-)

    Kepala nong nong itu turunan.. :-) Jangan khawatir..
    Mitos… Mitos.. Ada-ada saja si mitos..

  43. andi July 16, 2010 at 4:34 am #

    bayi saya berumur 3,5 bln. Saya baru menyadari bahwa kupingnya seblh kiri besar sebelah stlh ia berumur 3 bln. Apakah karena posisi tdr? sebab sejak umur 0-3 bln ia tdr dgn kepala miring ke kiri tp badannya ttp terlentang. gmn caranya agar kupingnya bs sama besarnya?

  44. maya July 11, 2010 at 12:22 am #

    selamat pagi,,,
    bayi saya sekarang berumur 3 bulan 10 hari, kepalanya sudah bisa tegak, apabila tengkurap sudah bisa mengangkat lehernya,,,
    bayi saya sangat senang di gendong dalam posisi tegak,,,
    pertanyaan saya :
    1. apakah berbahaya untuk bayi seumurun anak kami di gendong dalam posisi itu ?
    2. ada mitos dari orang tua, katanya kalo di gendong dalam posisi itu bisa membuat kepalanya nong nong, benarkah ?
    terima kasih sebelumnya,,,

  45. tipsbayi June 30, 2010 at 3:23 am #

    hendra:

    Bayi yang baru lahir sebenarnya tidak dianjurkan menggunakan bantal. Bayi Anda akan merasa nyaman tidur jika posisinya datar.. ;-)

    Bayi yang berusia di bawah 2 tahun tidak dianjurkan untuk menggunakan bantal, meskipun sudah terdapat dalam satu set perlengkapan tidur. Ini disebabkan hal tersebut akan mengurangi kenyamanannya dan mengganggu waktu tidurnya..

    Bahkan bentuk dan posisi bantal yang tidak tepat bisa menimbulkan rasa tidak nyaman atau sakit pada leher bayi, akibatnya bayi juga bisa mengalami demam. Karenanya pilihlah bantal yang sesuai dan usahakan diberikan pada bayi setelah berusia di atas 2 tahun..

  46. tipsbayi June 30, 2010 at 3:03 am #

    vita:

    Anda bisa membiasakan untuk meyeimbangkan perlakuan tidur miringnya. Dan dengan menidurkan tengkurap biasanya bayi akan lebih nyenyak.. dibandingkan dengan posisi lainnya.. ;-)

    Anda jangan terlalu khawatir, apabila lehernya sudah bisa lebih kuat dan kepala bayi Anda sudah bisa benar-benar tegak, maka tidak akan terlihat miring..

  47. tipsbayi June 30, 2010 at 2:32 am #

    yuni:

    Mohon maaf baru dijawab.. Benar-benar terlewat.. :-)

    Perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda. Memang rata-rata usia 4 bulan bayi bisa mulai menegakan kepalanya, ada juga yang kurang dan lebih dari itu..

    Anda jangan khawatir, tetap saja berikan rangsangan ada bayi Anda. Biasakan tidur tengkurap atau seringlah Anda ajak bayi Anda bermain dalam keadaan tengkurap..

  48. hendra June 27, 2010 at 12:03 pm #

    Dear,,,
    Sebelumnya terima kasih atas saran dari tips bayi sebelumnya.
    Alhamdulillah bayi saya skrg berusia 3 bulan.
    apakah berbahaya apabila menidurkan bayi dengan mengganjal lehernya dengan bantal.
    Soalnya ibu saya selalu melakukan itu pada bayi kami agar lehernya bagus ( menurut ibu saya )
    Jadi pada saat tidur, kepala bayi sedikit tergantung. khawatir bayi kami malah kesakitan lehernta,
    Mohon petunjuknya, thanks

  49. vita June 11, 2010 at 7:47 pm #

    dear
    minta tolong sharing nya…
    bayi saya umur 6 bulan lebih 2 minggu… dia sudah bisa didudukkan.. tapi kepalanya jadi miring ke kanan apabila didudukkan atau pun didirikan… posisi tidurnya memang selalu posisi miring ke kanan atau ke kiri tapi lebih banyak ke kanan.. minta tolong bantuannya apa ada yang salah mengenai tidurnya krn kalau tidur telentang terlalu lama dia gak nyenyak… trims

  50. dika May 11, 2010 at 11:37 am #

    aku udah ngelakuin hal ini pada bayi aku sejak umur kurang lebih 1bulan. bayiku sangat nyaman dengan posisi tidur tengkurap dan dia jarang sekali nangis. bayiku juga udah bisa memutar kepalanya kekiri dan kanan pada usia kurang dari 1 bulan. gerak motoriknya jadi lebih terlatih. jadi bunda jangan takut untuk melakukan posisi ini pada bayi anda.. ini aman loh.. coba aja dirumah pasti bayi anda senang..

  51. Mas Pri May 3, 2010 at 12:51 pm #

    Makasih banget tipsnya..si kecil krg 3 bulan lagi seneng2 nya tengkurap..awalnya khawatir..tp stlh membaca tips ini..Alhamdulillah..jd lega…

  52. tipsbayi April 22, 2010 at 6:24 am #

    hendra:

    Jika bayi Anda sudah bisa mengangkat kepalanya sendiri, masih tidak mengapa untuk menidurkannya dalam posisi tengkurap, itu pun dengan pengawasan ekstra dari Anda.

    Tapi kalau dia belum bisa mengangkat kepalanya, posisi ini sangat riskan. Jika memang benar-benar terpaksa atau Anda inigin mencoba, Anda harus benar-benar EKSTRA KETAT mengawasinya… ;-)

    Singkatnya, tidur tengkurap akan berbahaya jika:

    - Si bayi belum bisa mengangkat kepalanya
    - Terlalu lama
    - Tidak diawasi oleh orang dewasa

  53. hendra April 20, 2010 at 11:33 am #

    dear,,,
    bayi saya baru berumur 3(tiga) minggu, amankah bila bayi seumur itu tengkurap ?
    soalnya kalo saya baringkan dalam posisi tengkurap dia gak rewel,,,
    thanks

  54. tipsbayi April 20, 2010 at 3:29 am #

    Fiki Dwi Rahayu:

    Untuk bayi yang berusia 2-3 hari dianjurkan lebih baik tidur terlentang. Kepala bayi baru lahir, kan, belum menyatu tulang-tulangnya, jaringan-jaringannya belum tumbuh, masih longgar, dan banyak air. Hingga, bila ada tekanan pada satu sisi yang signifikan dan terus-menerus, menyebabkan kepalanya jadi peyang. Tapi begitu tekanan pada satu sisi ini hilang, peyangnya juga hilang karena tengkoraknya masih berkembang dan tumbuh. Jadi masih banyak pertumbuhan yang akan terjadi seperti daging, kulit, otak, dan tulang kepalanya, hingga peyangnya bisa hilang dan Insya Allah..kepala jadi bagus kembali.. ;-)

  55. tipsbayi April 20, 2010 at 3:11 am #

    wahyu:

    Sepertinya bayi Anda sudah siap menerima MPASI.. ;-)
    Berikan MPASI secara bertahap dari tekstur dan porsinya sesuai jadwal. Makanan buatan Anda sendiri lebih tepat dan lebih bagus. Meskipun demikian ASI masih tetap sebagai makana utama bayi Anda maka pertahankan pemberiannya sampai bayi Anda usia 2 tahun. Tidak ada yang dapat menandingi kandungan ASI sekalipun sufor termahal..

  56. tipsbayi April 20, 2010 at 3:05 am #

    ian prasetyo:

    Apabila memang hanya batuk flu saja, Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-5 hari, dengan memberikan ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.. Penyebab penyakit flu adalah virus yang umumnya akan mereda dalam waktu 3-5 hari. Hingga saat ini pun sebenarnya belum ada obat mujarab untuk membunuh virus. Obat flu yang ada hanya sekadar untuk meringankan gejala-gejalanya saja, seperti obat penurun demam, pelega hidung tersumbat, dan pengencer lendir.

    Jadi saran kami susui terus saja dengan ASI, ASI seperti diketahui, mengandung zat-zat kekebalan tubuh (imunoglobulin) yang tidak terdapat pada susu formula. ;-)

    Sebenarnya tidak ada hubungannya perkembangan kemampuan dengan demam atau flu bayi Anda.

    BAB 3-4 kali sehari termasuk WAJAR, apalagi bayi Anda terlihat sehat tidak ada keluhan. Seiring dengan bertambahnya usia maka pola BAB bayi Anda akan berubah. Prinsip sederhananya pengeluaran bagaimana pemasukan juga.. Asupan bayi Anda sudah cukup bagus.. ;-)

  57. yuni April 19, 2010 at 5:39 am #

    bayi saya umurx 4 blan 2 mggu. udah sering tengkurap tpi kepalanya belum bisa tegak, beratnya bru 5,45 kg. umur berapa biasanya kepala bayi sudah bisa benar2 tegak?? ini anak pertama sya. mhon penjelasannya.makasah

  58. Fiki Dwi Rahayu April 17, 2010 at 12:09 pm #

    apakah pososi tiddur untuk yang dibawah 3 bulan selamamaksimal 30 menit perhari dapat dilakukan pada saat hari ke2 ato ke3 setelah kelahiran?

  59. wahyu April 5, 2010 at 10:31 am #

    Anak saya sudah berusia 5bln 2 minggu, sejak usia 5 bulan sudah saya kasih makanan pendamping ASI tapi dalam skala sdikit dan responnya dia menyukainya dan BAB lancar, bahayakah? trimakasih

  60. ian prasetyo March 9, 2010 at 3:36 pm #

    anak saya tg 13 maret pas 5bulan,yang saya mau tanyakan apakah batuk pilek pada bayi sudah biasa,masalahnya anak saya sekarang ini lagi batuk sama pilek kadang2 pileknya sembuh batuknya masih kadang klo pas lagi kena dua duanya badan suka anget terus kemaren BAB sehari bisa 4x diliat dari perkembangan bayi anak saya sudah mulai miring miring mau tengkurap,apakah semua gejala itu bertanda anak saya mau tengkurap kata orang udah biasa bayi kaya gitu betanda mau pinter,benarkah begitu……………tolong penjelasannya

  61. amie March 9, 2010 at 3:57 am #

    gara2 anakku yg umur 2 bulan tiap hari berantem mulu ma bapaknya< bapaknya nglarang tdr tengkurep dgn alasan nanti salah urat lah ga jelas ga ada dasarnya ngasih larangan, sedangkan si jagoan klo tdr tengkurep dgn diawasin tidurnya bisa pules, yg ada klo jagoan tdr tengkurep tar di telentangin ma bapaknya bangun deh, klo udah bangun nangis di tinggal pergi ma bapaknya gimana ga sebel lihat bapaknya sok tahu….

  62. tipsbayi December 24, 2009 at 4:37 am #

    nike kristi:

    Cegukan pada bayi itu biasa.. Susui saja terus dengan ASI.

    Apabila bayi Anda terlihat nyaman tengkurap itu tidak apa-apa hanya saja perlu DIPERHATIKAN pastikan saat bayi Anda tidur tengkurap adalah posisi hidung bayi jangan sampai tertutup DAN temani bayi Anda saat ia tidur. Jangan pernah ditinggal-tinggal sendiri untuk waktu yang cukup lama.

    Apabila sudah tidur nyenyak sebaiknya Anda balikan badannya ke posisi terlentang.. ;-)

  63. nike kristi December 23, 2009 at 11:45 am #

    anak say berumur 0 bln tetapi tdrnya bila tidak tengkurap dia tidak bisa tidur…
    trus apakah it baik?dan juga cegukan….apkah hal tsb biasa?tlg jawab pertanyaan saya….tks

  64. tipsbayi December 12, 2009 at 3:52 am #

    wahyu:

    Benar.. posisi tengkurap akan menjadi posisi favorit bayi Anda apabila sudah bisa tengkurap.. terbayang lucunya.. ;-)

  65. wahyu December 9, 2009 at 2:11 pm #

    Wah benar sekali tips nya , pas umur anak ku sdh 4 bulan tanpa diajarkan tengkurap, tau2 sudah tengkurap sendiri… karena dari bayi sehabis mandi selalu di tengkurapkan. dan smp sekarang berulang kali saya telentangkan selalu dia ingin tengkurap. sambil tertawa lucunya…

  66. tipsbayi December 2, 2009 at 3:25 am #

    Pepy febiyanti:

    Ada kemungkinan naura tidak cocok dengan dot nya. Sebelum Anda menemukan dot yang cocok, Anda bisa coba dengan meminumkan dengan cara disendoki.

    ASI peras bisa bertahan tergantung tempat penyimpanannya.. ;-)
    Untuk menjaga kualitas ASI yang anda simpan, anda harus memperhatikan temperatur dan daya tahan ASI yang anda simpan.

    * Penyimpanan dalam suhu ruangan suhu tidak lebih dari 25° Celsius. Pada suhu ini ASI akan bertahan selama 4-8 jam.

    * Penyimpanan dalam lemari es dengan suhu 0°–3.9° Celsius, susu akan bertahan selama 2-3 hari.

    * Penyimpanan dalam freezer dalam lemari es. ASI akan bertahan hingga 2 minggu lamanya. Pastikan anda memberi ruang sisa pada botol ASI kurang lebih 1 inci untuk memberi ruang pada ASI saat mengembang dalam proses pembekuan.

    * Berbeda dengan freezer yang berada di bagian dalam lemari, freezer yang berada terpisah dari ruang lemari es, atau freezer khusus untuk membekukan, mempunyai suhu –18° Celsius. Pada suhu ini ASI akan tahan 3-4 bulan.

    * Penyimpanan dalam freezer pembeku suhu yang dihasilkan bisa mencapai –20° Celsius. Dengan suhu ini ASI akan bertahan selama 6 -12 bulan.

  67. Pepy febiyanti November 30, 2009 at 11:47 am #

    mlm…ass…anak saya berusia 2bln 4hr…alhmd dpt asi dr saya…beratnya 5,5kg…namanya naura…naura sama sekali tidak mau asi yg saya pompa…saya pikir klo kbtlan saya hrs keluar, naura tetap dpt asi peras dr saya…dicoba formula pun ga mau…yg ingin saya tanyakan..bgmn crnya agar dia mau minum asi peras n brp lm asi peras bs bertahan…mksh

  68. tipsbayi November 23, 2009 at 4:27 am #

    saiful:

    Dengan memberikannya ASI pada bayi Anda maka kemungkinan susah BAB akan bisa dihindari. Pemberian susu formula yang terlalu kental pun memang memicu terjadinya susah BAB.

    Saran, usahakan bayi Anda mendapatkan ASI saja, untuk ibu perbanyak makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan.. :-)

    Anda bisa membaca artikel terkait di:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/bayi-sembelit-susah-buang-air-besar-pada-bayi

  69. tipsbayi November 23, 2009 at 4:20 am #

    Ana:

    Ngigau.., biasanya kebiasaan disiangharinya entah kesal atau apapun memang terekam oleh setiap bayi.. :-) dan itu adalah KEBIASAAN yang setiap bayi memang mempunyai kebiasaan yang berbeda berbeda..

    Kalau ia tiba-tiba teriak ketika sedang itdur, kemungkinan besar memang itu akibat mimpi. Banyak ahli yang mengatakan bahwa seringnya anak mengigau salah satu sebabnya adalah pertumbuhan otaknya yang masih sangat pesat. Makanya kata mereka, jarang sekali orang dewasa yang sehat mengigau.

    Kalau ini terjadi sangat menggangu, ada baiknya anak Anda Anda bangunkan, tenangkan dan ditidurkan kembali. Akan tetapi apabila hanya sesaat saja Anda bisa membiarkannya hingga tenang dengan sendirinya..

  70. saiful November 21, 2009 at 12:26 pm #

    askum,terima kasih kepada dokter kerana sudi membaca masalah saya ini.anak saya sekarang ini,telah genap 2 bulan.yang menjadi masalahnya anak saya sukar membuang air besar dan akan merengek2 seperti kesakitan apabila tiba masa buang air besar tu.tangan dan kaki anak saya seolah2 kekejangan.anak saya juga muntah sebanyak 3 kali sehari.anak saya juga tidak minum susu dada sejak seminggu kelahiranya.adakah meminum susu tepung tersebut,menyebabkan anak saya sukar untuk buang air besar?ingin penjelasan dari doktor.

  71. Ana September 17, 2009 at 9:22 am #

    Anak saya sekarang sudah berumur 2 bln, 3 minggu, sejak umur 2 minggu sampai sekarang ketika dia tidur selalu menggerakkan kedua tangan dan kedua kakinya sambil mengeluarkan suara ehh..ehh..ehh yang keras. sepertinya dia tidak tidur nyenyak. Itu kenapa ya? Mohon penjelasansannya..trimakasih

  72. dewi September 2, 2009 at 4:50 pm #

    assalamu’alaikum wr wb

    yth tipsbayi.com

    Saya dulu pernah membeli ebokk 12bulanpertama dan sudah pernah sya buka dan baca, tapi passwordnya blm sempet saya simpan saya keburu melahirkan…setelah itu saya sama sekali lupa pernah membeli ebook ini…pada saat inget dan saya ingin memprint,saya tidak bisa membuka krn email yang berisi password terhapus, saat saya melakukan pembersihan email (saya bener2 lupa kalo ada email berisi password,bahkan trashnya saya hapus)..mohon bantuannya mungkin bapak ada database siapa yang telah dikirim..tolong dicek alamat email saya..dan bila anda tolong diemail ulang…terimakasih sebelumnya..mohon bantuannya

    wassalamu’alaikum wr wb

  73. tipsbayi August 13, 2009 at 3:06 am #

    oci :

    Hmm.. Memang bayi 1 bulan belum waktunya ditengkurapin.. tetapi apabila bayi Anda sudah bisa menegakan kepalanya dan untuk melatih perkembangan tubuhnya juga membiasakan tengkurap.. maka boleh-boleh saja asal dengan pengawasan dan perhatian kita.., Anda bisa tengkurapkan bayi Anda beberapa saat, bila sudah kelihatan bayi Anda kesal maka cepat-cepat Anda bangunkan agar bayi Anda tidak trauma hingga kapok… ;-)

  74. tipsbayi August 13, 2009 at 2:56 am #

    Meuthia :

    Tidur miring bagus.. , lasak kali ya tidurnya..
    Untuk seumuran bayi Anda memang tengkurap adalah posisi favorit mereka.., terkadang ada yang nyenyak dengan hanya tidur tengkurap atau bila diposisikan tengkurap ada bayi yang malah senang dan bermain.., jadi Anda bisa melihat kebiasaan bayi Anda apakah memang bila ditengkurapkan senang untuk bermain atau senang untuk tidur.., yang jelas bila bayi Anda tidur tengkurap hendaknya Anda perhatikan sekitarnya jangan sampai ada yang bisa menghalangi atau mengganggu pernafasan bayi Anda.., jangan Anda tinggalkan sendiri dalam waktu lama ketika bayi Anda tidur tengkurap.. :-)

    Mohon maaf baru dijawab.. :-)

  75. oci August 12, 2009 at 1:28 pm #

    anak sy 1 bl tp sdh bisa tengkurap ka ? kl dia rewel kadang2 sy tengkurap dan kepalanya sdh bisa diangkat … boleh ga ? berbahaya ga ? mohon penjelasannya.. tks

  76. Meuthia July 29, 2009 at 5:32 am #

    Bayi sy 3.5bl sdh bs tngkurep dan suka tdr miring, tp kdg2 kl tdr kpalanya suka ‘ndusel’ dibenam2kan ke arah kasur trs kl da cpk dia nangis dan tbangun, apa mksdnya dia mw tdr tengkurep? Tp kl sy tengkurepkan, mlh gak tdr2, kplnya mlh diangkat2. Mohon pjlsn

  77. tipsbayi July 23, 2009 at 4:12 am #

    ubay :

    Apakah bayi Anda rewel? Bila memang tidak rewel bisa saja itu adalah biang keringat.., Anda bisa kunjungi link terkait :

    http://www.tipsbayi.com/index.php/biang-keringat-bayi-penyebab-dan-cara-mengatasinya

    Tapi bila bayi Anda rewel sebaiknya Anda konsultasi dengan dokter Anda..

  78. Dian July 23, 2009 at 2:54 am #

    untuk ubay , kasih baby crem atau baby oil zwitsal yg ada aloe fera , kalau untuk bintiknya mungkin bisa dengan minyak san-hong ( selamat mencoba )

  79. ubay July 22, 2009 at 6:38 am #

    maaf kalau topik, saya butuh saran.
    anak saya baru umur 5 bulan berat 8,4 kg ( anak pertama )
    kulit leher anak saya pada bintik2 merah kasar seperti kurap.
    selain itu ada sebagian jari kaki ada bintik2 seperti jerawat tapi yang ini ada airnya ( seperti tersundut rokok )
    tolong minta saran dari rekan2 semua, apa yang harus saya lakukan dan harus kasih obat apa.
    terimakasih

  80. yetty July 7, 2009 at 10:44 am #

    dua anak saya tidur tengkurap. malahan yg cwek bru 2 bln maunya tidur tengkurap tpi ttp di awasi.

  81. tipsbayi June 23, 2009 at 4:33 am #

    tanti :

    Dibiasakan saja secara perlahan..dan jangan terlalu dipaksakan ;-) , dan seiring dengan waktu bayi akan mempunyai insting sendiri bagaimana menemukan posisi yang enak untuk tidurnya.., berat badan bayi Anda cukup bagus..

  82. tanti June 22, 2009 at 5:18 am #

    Bayi saya umur 6 bulan. sejak umur 4 bln sudah tengkurap. Tapi suka nangis klo tengkurap. Sekarang masih jarang sekali tengkurap. tapi sudah bisa berguling. klo saya tengkurapkan, dia akan langsung membalikkan badan dan telentang lagi. tapi kalau tidur dia sukanya miring. oya, BB bayiku 8.7 Kg. Gimana ya biar dia senang tengkurap. Thx

  83. tipsbayi June 19, 2009 at 3:28 pm #

    @yuni:

    Memang bayi yang gemuk relatif lebih sulit untuk berguling sendiri ke posisi tengkurap. Terus saja biasakan tengkurapkan bayi Anda. Biasanya ia akan lebih mudah untuk berguling dari posisi tengkurap ke posisi terlentang.

    Jangan putus asa ya :) memang harus sabar…

  84. yuni June 19, 2009 at 5:34 am #

    Salam Tips Bayi

    Bayi saya umur 5 bln 2 mgg, kt dokter bayi nya kegemukan, oleh sebab itu sampai sekarang blm bs tengkurap sendiri/ miring2x sndiri, pdhl saya sudah sering tengkurapkan, tp klo kelamaan dia sk marah2x . tp klo di dudukan/ditengkuranpak kepala sdh kuat, klo bdnnya di miringkan, maunya malah angkat kepala / bdn. apakah ada ganguan pd anak saya y ? mohon tipsnya .

  85. dessy June 18, 2009 at 3:35 am #

    bayi saya usia 3 bulan jika di tengkurapkan kepala & leher suka goyang kaya gak kuat karena dia berusaha untuk menengakkan kepalanya jadi kwatir takut keseleo urat leher,gimana tuh gak pa pa…?

  86. tipsbayi June 16, 2009 at 1:56 am #

    ilmul :

    Bayi Anda dah 10 bulan ya.., jangan terlalu khawatir memang biasanya posisi tengkurap bagi bayi yang sudah bisa tengkurap sendiri akan menjadi posisi paling disenangi, Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait dengan bayi tidur tengkurap :
    * Upayakan alas tidur bayi rata. Ada baiknya tidur di atas kasur busa yang padat.
    * Gunakan sprei dengan rapi dan tidak mudah mengkerut.
    * Lepaskan gendongan saat bayi Anda tidur, agar tidak mengganggu pernafasannya. Pastikan saat bayi kita tidur tengkurep adalah posisi hidung bayi, jagan sampai tertutup. Temani bayi Anda saat ia tidur. Jangan pernah ditinggal-tinggal sendiri untuk waktu yang cukup lama.

  87. ilmul June 15, 2009 at 3:57 am #

    Anak saya umur 10 bulan, kalau dia tidur sering kali tengkurap dan malah kadang ekornya agak sedikit terakgkat, kalau posisinya dirubah malah dia nangis, dan kembail keposisi semula, berbahaya ndak bagi bayi kalau tidur dengan posisi seperti itu ?

  88. tipsbayi June 1, 2009 at 4:40 am #

    lidya :

    Selamat bergabung.. :-)

  89. tipsbayi June 1, 2009 at 4:38 am #

    Triya :

    Memang badan lebih gemuk akan agak kesulitan untuk tengkurap.., tapi bisa Anda latih kok biar kebiasaan.. ;-)

  90. lidya May 30, 2009 at 1:41 am #

    saya baru pertama kali mengunjungi situs ini, namun ada banyak manfaat yang bisa saya ambil, apalagi saya seorang ibu yang baru saja melahirkan.

  91. Triya May 29, 2009 at 10:27 am #

    Salam Tips bayi,
    Anak saya umur 3 bln dan sekarang agak sulit tengkurap. Padahal saat umur 2 bulan dia sudah sering tidur miring. Apakah karena bentuk kepalanya yang besar dan ukuran badan (gemuk) bisa mempengaruhi kesulitan anak dalam mengambil posisi tengkurap ?

  92. tipsbayi May 25, 2009 at 4:08 am #

    Dian :

    Tidak bahaya, pastikan saat bayi kita tidur tengkurap adalah posisi hidung bayi, jagan sampai tertutup, temani bayi Anda saat ia tidur. Jangan pernah ditinggal-tinggal sendiri untuk waktu yang cukup lama.

  93. Dian May 23, 2009 at 6:05 am #

    assalamualaikum
    bayi saya umur 2 bln , saya sering menidurkan dia dalam posisi tengkurap . karena dalam posisi tersebut dia dapat tidur lebih lama di banding kan posisi terlentang pada saat siang hari kira2 dia teridur smp bisa 2 jam, kira2 bahaya ngak yach ?

  94. tipsbayi May 21, 2009 at 4:41 am #

    Rahmad :

    Anda tidak perlu khawatir berlebihan jika bayi Anda lebih nyaman dengan tidur tengkurap.

    Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait dengan bayi tidur tengkurap :
    * Upayakan alas tidur bayi rata. Ada baiknya tidur di atas kasur busa yang padat.
    * Gunakan sprei dengan rapi dan tidak mudah mengkerut.
    * Lepaskan bedong saat bayi Anda tidur, agar tidak mengganggu pernafasannya. Lepaskan kain bedong dari tubuh bayi saat akan ditengkurapkan. Jangan lupa, bayi masih bernapas melalui perut, dibedong hanya akan mengganggu gerak pernapasan perutnya, apalagi bila bayi sedang tidur tengkurap.

    Pastikan saat bayi kita tidur tengkurap adalah posisi hidung bayi, jagan sampai tertutup.
    Temani bayi Anda saat ia tidur. Jangan pernah ditinggal-tinggal sendiri untuk waktu yang cukup lama.

  95. Rahmad May 19, 2009 at 4:38 am #

    Assalamualaikum bund,
    Saya punya anak bayi,sejak usianya 2 bln 10 hari,dia punya kebiasaan tidur tengkurap setiap malam mulai jam 12 mlm,kmi khawatir bgt,terkadang kl kami balikkan tubuhnya ke posisi telantang si bayi selalu menjerit/teriak nangis,sehingga settiap mlm kami bergadang,terkadang sakin ngantuknya kami tertidur,dan tnp disadari si bayi sudah tdr tengkurap.saya ingin jwbn yang pst dr bunda,apakah kebiasaan bayi saya ini membahayakan atau tidak,soalnya saya dan istri sma2 bekerja,jd sulit utk bergadang tiap mlm untuk mengawasi tdr si bayi.Atas jwbn ibu saya ucapkan terimakasih.

  96. tipsbayi May 15, 2009 at 3:41 am #

    bunda tia:

    Wa’alaikumsalam.

    Insya Allah tidak apa-apa apalagi bayi Anda sudah bisa mengangkat kepalanya sendiri, memang usia segitu bayi punya refleks dan insting sendiri untuk mencari posisi tidur yang paling enak, nyaman, dan tak membahayakan dirinya. Jadi, Anda tidak perlu terlalu khawatir…

    Yang penting perhatikan saja kemanan tempat tidurnya, jangan sampai ia terjatuh, misalnya dan jauhkan pula ia dari benda-benda yang bisa menghalanginya bernafas dengan leluasa.

  97. Bunda Tia May 14, 2009 at 2:14 am #

    Assalamu’alaikum,
    Anak saya sudah mulai tengkurap saat usia 2 bulan, dan sudah bisa mengangkat kepalanya. Sekarang dia lebih suka tidur dengan posisi tengkurap, kalau saya balik ke posisi terlentang selang beberapa menit dia sudah tengkurap lagi. Apa gak papa ya kalo begitu ??

  98. tipsbayi May 13, 2009 at 4:48 am #

    ummu musa:

    Wa’alaikumsalam.

    Insya Allah kepala peang pada bayi bisa membaik, karena ia masih akan berkembang. Keputusan Anda untuk merubah posisi tidurnya pun bisa mempercepat proses itu…

  99. ummu musa May 12, 2009 at 10:49 am #

    Assalamu’alaikum
    Mengenai kepala peang, anak saya yang sebelah kanan miring sebelah karena sejak dari lahir selalu menghadap ke kanan. Apakah benar bisa kembali seperti biasa? Bagaimana caranya? Sekarang kalau musa tidur, saya miringin ke kiri. Terima kasih

  100. tipsbayi May 11, 2009 at 1:40 am #

    ummu musa:

    Wa’alaikumsalam.

    Perlu diketahui, setelah usia 3 bulan bayi punya refleks dan insting sendiri untuk mencari posisi tidur yang paling enak, nyaman, dan tak membahayakan dirinya. Jadi, Anda tidak perlu terlalu khawatir…

    Dengan tidur dalam posisi miring, kemungkinan kepalanya menjadi “peang” pun dapat berkurang.

    Yang penting perhatikan saja kemanan tempat tidurnya, jangan sampai ia terjatuh, misalnya dan jauhkan pula ia dari benda-benda yang bisa menghalanginya bernafas dengan leluasa.

  101. ummu musa May 10, 2009 at 12:21 am #

    Assalamu’alaikum
    Bayi saya sekarang kalau tidur sukanya posisi miring. Apakah itu berbahaya?
    umurnya sekarang 5bulan. Terima kasih

  102. tipsbayi May 8, 2009 at 3:18 am #

    wieb (dan ely):

    Wah ia terlewat yah?
    Mohon maaf ya… :)

    Singkatnya, tidur tengkurap akan berbahaya jika:

    - Si bayi belum bisa mengangkat kepalanya
    - Terlalu lama
    - Tidak diawasi oleh orang dewasa

    Terjawab ya :)

  103. wieb May 7, 2009 at 8:15 am #

    Mas,
    Pertanyaan dari Sdr. Ely blm sepertinya belum terjawab. kasusnya sama dengan anak saya yang masih berusia 1 bulan. Kalau si bayi sedang tidak nyaman, ibunya coba ditidurkan tengkurap, sepertinya nyaman karena kelihatan tertidur lelap. Apa berbahaya mas?

  104. tipsbayi May 5, 2009 at 9:42 am #

    Bunda:

    Kalau ia tiba-tiba teriak ketika sedang itdur, kemungkinan besar memang itu akibat mimpi. Banyak ahli yang mengatakan bahwa seringnya anak mengigau salah satu sebabnya adalah pertumbuhan otaknya yang masih sangat pesat. Makanya kata mereka, jarang sekali orang dewasa yang sehat mengigau.

    Kalau ini terjadi, ada baiknya anak Anda Anda bangunkan, tenangkan dan ditidurkan kembali.

  105. Bunda Pim Pim May 5, 2009 at 1:22 am #

    Anak saya umur 13 bulan, sering nangis waktu malam (mungkin mimpi tiba2 teriak)
    saat siang hari, anak saya sangat aktif, apakah anak saya tidak apa2? terima kasih…..

  106. tipsbayi April 22, 2009 at 4:28 am #

    ummu musa:

    Wa’alaikumussalaam.

    Dampak negatif jangka panjang sih hampir tidak ada. Hanya saja yang dikhawatirkan adalah keselamatannya KETIKA sedang tidur. Apalagi jika ia belum bisa mengangkat kepalanya sendiri, takut kesulitan bernafas.

  107. ummu musa April 21, 2009 at 9:52 am #

    assalamu’alaikum,tips bayi saya pernah dengan tidak sengaja menidurkan anak saya yang berumur 4bulan dengan posisi tengkurap selama 1,5 jam.Apakah ada dampak negatifnya?karena waktu itu saya juga sedang tidur,terima kasih….

  108. tipsbayi April 13, 2009 at 6:41 am #

    Rita:

    Coba Anda baca informasi terkait di: http://www.tipsbayi.com/?s=batuk+pilek

  109. Rita April 12, 2009 at 6:46 am #

    Bayi saya tgl 24 april nanti berumur 2 bln. Tp dr pulg dr RS sampe skrg pilek ga sembuh2. Napas grok2 tp ga kluar ingus. Tiap nyusu kl bumpet dia ngamuk. Udah ganti obt 4x dr das ttp ga sembuh jg. Gmn yah? Saya beri asi,kdg nutrilon(maks 3x90ml /hari). Tp pup bayiku lancar n ga berwarna hijau. Trima kasih atas sarannya.

  110. tipsbayi April 8, 2009 at 3:17 am #

    uni:

    Jika bayi Anda sudah bisa mengangkat kepalanya sendiri, masih tidak mengapa untuk menidurkannya dalam posisi tengkurap, itu pun dengan pengawasan ekstra dari Anda.

    Tapi kalau dia belum bisa mengangkat kepalanya, posisi ini sangat riskan. Jika memang benar-benar terpaksa atau Anda inigin mencoba, Anda harus benar-benar EKSTRA KETAT mengawasinya…

  111. uni April 7, 2009 at 5:50 am #

    Anak saya usianya 6 bulan tapi belum bisa angkat kepala sendiri apalagi tengkurap, trus kalau tidur terlentang sering kaget sampai tidak pernah tidur nyenyak, matanya juga sering keluar air mata apakah tidak bermasalah kalau ditidurkan posisi tengkurap atau ada tips lain, mohon saran trims

  112. Robert March 30, 2009 at 9:13 am #

    TRIMS YA TIPS BAYI…..,INFORMASI YANG DI BERIKAN KEPADA KAMI SANGAT UP TO DATE SEHINGGA MEMBANTU KAMI SEKALI DALAM TUMBUH KEMBANG ANAK KAMI. SKRG UMUR ANAK KAMI UDAH 9 BLN,UDAH MERANGKAK.UDAH MULAI BELAJAR JALAN.POKOKNYA KLO DIGENDONG,PENGEN TURUN PENGENNYA JALAN TERUS…

  113. Namira March 21, 2009 at 3:56 am #

    Ya,begitu lah..anak saya umur 3 bulan br bs tengkurap,pd umur 1 bulan penginya tdr miring terus .sampe skrg umur 4 bln dy tidurnya miring..skrg ini dy gi blajar merangkak,sdikit lucu jg arahnya masih mundur..ok,salam kenal aja dl

  114. tipsbayi March 6, 2009 at 4:22 am #

    Noraini:
    Mata sembab bisa diakibatkan terlalu banyak menagis, kekurangan tidur, atau memang terdapat gangguan pada mata, adapun memang tidur terlalu lama tengkurap tidak dianjurkan, posisi yang biasa dilakukan bayi selain tengkurap bisa terlentang atau miring. Setelah usia lebih 3 bulan, tidurnya tak lagi cuma telentang karena kini ia sudah banyak bergerak dan bisa berguling. Ia akan mencari posisi yang dirasanya enak semisal tengkurap. Jadi jangan cemas tentang posisi tidur biarkan anak Anda mencari posisi yang enak menurut dia..

  115. tipsbayi March 5, 2009 at 4:45 am #

    Ganjar:
    Memang rata-rata bayi melakukan langkah-langkah pertamanya antara usia 9-12
    bulan dan mulai berjalan dengan baik saat ia berusia 14 atau 15 bulan. Jangan kuatir jika anak Anda di usia itu belum bisa berjalan; banyak anak normal lainnya yang tidak bisa berjalan hingga mereka berusia 16 atau 17 bulan. Yang penting bantulah dengan memberikan rangsangan agar anak ada kemauan untuk belajar berjalan..

  116. DEASTY March 4, 2009 at 1:30 pm #

    Anak pertama saya, sudah mulai ditengkurapkan dari umur 2 minggu .. hasilnya memang bagus..otot2 lehernya jadi lebih cepat kuat dan bentuk kepala belakangnya lonjong, hanya memang tetap harus diawasi.
    Sekarangpun anak yang kedua baru umur 40 hari, sudah bisa berpindah posisi kepala (kanan-kiri) ketika ditengkurapkan, juga sudah bisa angkat kepala ketika tengkurap, sebab sejak umur 7 hari sudah sering ditengkurapkan…:)

  117. Ganjar March 4, 2009 at 7:21 am #

    Anak kedua saya usianya 1 tahun 4 bulan,tapi sampe skrng blm bisa jalan sendiri,masih harus dipegang meskipun cukup pake satu jari.Trus sampe usia segitu,belum mau masuk makanan tambahan lainnya,jd cuma susu formula terus.Kalo dipaksa,akan muntah2…Tapi perkembangan lainnya trmasuk berat badan dan belajar bicara termasuk sangat normal.Mhn saran.Tks.

  118. noraini March 4, 2009 at 7:18 am #

    anak saya berusia 2 tahun masalah yang saya hadapi bawah mata dia sentiasa nampak sembab nampak lebam adakah kesan dia tidur tengkurap dan macamana saya hendak atasi..

  119. tipsbayi March 3, 2009 at 4:53 am #

    Syam Iskandar:
    Memang biasanya posisi tengkurap bagi bayi yang sudah bisa tengkurap sendiri akan menjadi posisi paling disenangi, Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait dengan bayi tidur tengkurap :
    * Upayakan alas tidur bayi rata. Ada baiknya tidur di atas kasur busa yang padat.
    * Gunakan sprei dengan rapi dan tidak mudah mengkerut.
    * Lepaskan bedong saat bayi Anda tidur, agar tidak mengganggu pernafasannya.
    Pastikan saat bayi kita tidur tengkurep adalah posisi hidung bayi, jagan sampai tertutup.
    Temani bayi Anda saat ia tidur. Jangan pernah ditinggal-tinggal sendiri untuk waktu yang cukup lama.

  120. tipsbayi March 3, 2009 at 4:47 am #

    Ari Ganjar Guntur Saputra:
    Pada prinsipnya, selama sudah dipastikan tidak ada gangguan saraf atau kelainan otot, anak pasti bisa berjalan. Memang, sih, usia berjalan pada setiap anak bisa berbeda-beda, namun umumnya rentang waktu yang normal adalah usia 11-18 bulan.
    Kecemasan umumnya muncul jika setelah berusia 1 tahun, si kecil belum juga bisa berjalan. Atau biasanya sudah bisa berjalan sebentar, tapi setelah itu mogok. Untuk memastikan ada tidaknya gangguan, tentu harus diperiksakan ke dokter. Bila tak ada gangguan, boleh jadi ia butuh rangsangan agar dapat berjalan tepat pada waktunya.

  121. tipsbayi March 3, 2009 at 4:08 am #

    Gatot Kusbinuko:
    Terima kasih atas masukannya akan kami pertimbangkan.. ;-)

    Boyke, Opik, Ely, Mira, Riana:
    Begitu si kecil sudah bisa mengendalikan kepalanya di usia 2-3 bulan ia sudah mulai bisa ditengkurapkan. Mengendalikan kepala di sini maksudnya, bila kepalanya bergerak mengikuti stimulasi suara atau benda yang ditunjukkan padanya. Jadi, jangan kaget bila suatu waktu Anda melihat ia berusaha memiring-miringkan badannya sendiri. Namun, keterampilan barunya ini masih belum ia kuasai dengan sempurna hingga ia berusia 5 atau 6 bulan nanti.

    Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait dengan bayi tidur tengkurap :
    * Upayakan alas tidur bayi rata. Ada baiknya tidur di atas kasur busa yang padat.
    * Gunakan sprei dengan rapi dan tidak mudah mengkerut.
    * Lepaskan bedong saat bayi Anda tidur, agar tidak mengganggu pernafasannya. Lepaskan kain bedong dari tubuh bayi saat akan ditengkurapkan. Jangan lupa, bayi masih bernapas melalui perut, dibedong hanya akan mengganggu gerak pernapasan perutnya, apalagi bila bayi sedang tidur tengkurap.

    Pastikan saat bayi kita tidur tengkurap adalah posisi hidung bayi, jagan sampai tertutup.
    Temani bayi Anda saat ia tidur. Jangan pernah ditinggal-tinggal sendiri untuk waktu yang cukup lama.

  122. sisca March 3, 2009 at 3:47 am #

    anak saya 6 bulan 3 minggu. Anak saya awalnya tidur terlentang sekitar umur 2 bulan setiap dia tidur terlentang dia sering kaget dan akhirnya terbangun. Saya sampai bingung waktu itu bagaimana caranya anak saya tidur dengan nyenyak sedangkan pada umur segitu bayi harus banyak tidur untuk perkembangan otaknya. Akhirnya saya coba untuk tidur tengkurap, hasilnya dia bisa tidur nyenyak walaupun dia masih sering kaget tapi dia tetap tidur pulas. Akhirnya sampai sekarang dia selalu tidur tengkurap dan tidur tengkurap melatih paru-parunya biar kuat dan saya tidak menemukan masalah dengan anak saya. Dia juga makin lincah apalagi sekarang dia mulai belajar merangkak.

  123. ita March 2, 2009 at 11:25 am #

    anak saya sdh berusia 1 thn 9 bln. Sejak pusarnya gugur sy sudah biasakan untuk tidur tengkurap kl siang. Kalau tidur malam saya posisikan miring, trus belakangnya saya sangga sedikit dgn bantal. Memang otot2nya jadi kuat. Kalau diletakkkan posisi terlentang, secara otomatis dia langsung tengkurap lagi. Oya, saya juga tidak membiasakan dia memakai bantal, model kepalanya bagus. Sampai saat ini, puji Tuhan perkembangnya sangat bagus, lincah dan cerdas.

  124. Ary Anjar Guntur saputra March 2, 2009 at 7:41 am #

    Alhamdulillah bayi sekarang tumbuh dengan sehat , saat ini umurnya 13 bulan, yang ingin saya tanyakan umur berapakah biasanya bayi mulai berjalan, sebab saat ini bayi saya dah belajar berdiri, tiap ada suatu yang buat pegangan, pasti langsung beridiri dan itu lucu skali . mohon jawabannya , thanks

  125. syam iskandar March 2, 2009 at 6:30 am #

    trims ya tips bayi team, yang slalu memberi informasi up to date.
    tapi bayi aku sekarang udah satu setengah tahun, trus kalo tidur sukanya tengkurap. kalo dibalikin nanti balik lagi tengkurap. kira kira bahaya gak ya?

  126. catur March 2, 2009 at 6:01 am #

    o.. ternyata ada untungnya juga ya …

  127. riana March 2, 2009 at 5:01 am #

    anak saya bila tidur telentang, sering kaget2, sehingga mengganggu tidurnya, bila tengkurap dia bisa nyenyak tidur, apakah aman bila tidur tengkurap dalam waktu 3-4 jam?

  128. ely March 2, 2009 at 3:13 am #

    Bahaya tidak yah, anakku mulai tengkurap sejak usia 1 bulan. padahal dy blum bisa mengangkat kepala. tapi memang tidak sering. Nah sekrarang sudah 3 bln sudah mulai mengangkat kepala. sebenarnya usia brp? bayi aman u/ tengkurap. Apa aman2 saja yah?

  129. Mira March 2, 2009 at 3:03 am #

    Anak saya sdh 4,5 bulan dan lagi suka banget tengkurap. Bahaya nggak sih kalo tidur malamnya juga begitu? Karena setiap dibalikkan, dia pasti miring, trus tengkurap lagi deh… Setiap saya cek sih, kepalanya miring, jadi bisa nafas dengan baik.

  130. Opik March 2, 2009 at 2:50 am #

    Pada umur berapa seharusnya bayi mulai ditidurkan terngkurap ?
    Apakah bayi berumur satu bulan juga boleh ?

  131. boyke March 2, 2009 at 2:27 am #

    bayi saya sudah mulai tengkurap sendiri sejak umurnya 2bln 20hari. apakah ini normal mengingat usianya belum 3bln (genap 3bln pada 3maret 2009).

  132. Yan Marsudi March 2, 2009 at 1:43 am #

    Bayi tengkurap ..?
    Ternyata saya secara tidak sengaja melakukannya jika bayi rewel terasa panas di punggung/kepala belakang atau dia bosan selalu terlentang… di usianya yang 3 bulan saya sering memberikan dia posisi tengkurap… diatas bantal yang padat agak bulat… ternyata dia senang sekali dan dia menggerakkan kaki, menolehkan kepala, lututnya seakan ingin merangkak dan perutnya juga bergerak/kontraksi serta nafasnya seperti sedang berusaha mengeluarkan tenaga (seperti olahraga…)… tapi saya tidak membiarkan dia tengkurap lebih dari 10-15 menit dan saya akan ulangi pada kesempatan dimana dia merasa senang dan tidak sedang tidur….. (wah matanya terlihat antusias dengan pengalamannya tengkurap….)…

  133. Hery March 2, 2009 at 1:03 am #

    Bagus bgt artikelnya, sngt berguna bagi kami….terimakasih………

  134. Manogutua Lubis March 2, 2009 at 12:45 am #

    terima kasih Tips Bayi Team,
    Saya sebagai orang tua sangat khawatir mengenai posisi tidur anak saya, apalagi anak saya ini perempuan, tentu berbagai macam melanda pikiran saya. Namun sejak membaca artikel dari tips bayi ini, saya merasa senang karena ada juga keuntungan jika anak tersebut tidur dalam posisi tengukurap. Mudah2an tips bayi hari selanjutnya bisa memberikan solusi dan ilmu yang banyak lagi mengenai sikecil dan sibuah hati.

    salam – Lubis

  135. Hasnan March 1, 2009 at 11:31 pm #

    Terima Kasih Tips Bayi, kami telah mempraktekkan panduan untuk bayi 12 bulan, banyak sekali pengetahuan yang belum pernah kami dapatkan dalam merawat bayi terlengkap sebelumnya, kebetulan anak kami sekarang ini baru berusia 5 bulan jadi tepat sekali mamiliki buku panduan tersebut. Teman-teman yang akan memiliki anak atau yang sudah memiliki anak dibawah 1 thn sangat tepat membeli dan mmemiliki buku panduan tersebut, sekali lagi kami ucapkan terima kasih TIPS BAYI

  136. Gatot Kusbinuko March 1, 2009 at 3:02 pm #

    Mas informasinya bagus banget
    kebetulan saya punya bayi sekitar 5 bulanan dan lagi mulai2nya belajar tengkurap

    Adalah penting untuk menampilkan sumbernya informasi yg jelas sehingga bisa di jadikan panduan yg baik

    Thanks
    Gatot Kusbinuko & kel.

  137. Yuda March 1, 2009 at 12:29 pm #

    Ada hubungannya ga posisi bayi tengkurap dengan perkembangan otak dan psikologi bayi nantinya. Terima kasih.

Trackbacks/Pingbacks

  1. Waktunya Tengkurap! | - May 28, 2009

    [...] mungkin sudah tahu bahwa posisi tidur yang paling baik dan aman untuk bayi Anda adalah terlentang atau miring. Namun begitu, ternyata jika bayi Anda posisi [...]

Leave a Reply