Gendongan Bayi: 4 Kriteria Memilih

Memang sih… banyak keuntungan menggunakan gendongan bayi. Di antaranya, dengan menggunakan gendongan, Anda dan si kecil bisa semakin akrab, membuatnya merasa aman dan tenang, sangat membantu menenangkan bayi yang sedang rewel dan yang tidak kalah pentingnya, kedua tangan Anda bisa bebas melakukan pekerjaan-pekerjaan lain yang sudah menumpuk.

Nah, namun begitu, pastikan Anda memilih gendongan bayi yang tepat…

4 Kriteria Memilih Gendongan Bayi

1. Nyaman untuk Anda

Jelas Anda pasti ingin gendongan bayi yang nyaman untuk Anda pakai. Untuk itu, pertama-tama hendaknya Anda memilih gendongan yang bisa mengangkat bayi Anda cukup tinggi dan rapat dengan tubuh Anda. Gendongan yang menggantung terlalu jauh di bawah akan sangat tidak nyaman.

Selain itu, pilih juga gendongan dengan tali yang lebar yang dapat mendistribusikan berat si kecil lebih merata, agar bahu dan punggung Anda tidak sakit dibuatnya.

2. Nyaman untuk Bayi Anda

Berdasarkan penelitian, ternyata gendongan bayi posisi tegak yang membuat kaki si kecil terbuka lebar termasuk yang baik untuk bayi. Walaupun posisi bayi yang ngengkang ini nampaknya mengkhawatirkan bagi Anda, tapi sebenarnya para ahli meyakini bahwa ini adalah posisi yang baik untuk perkembangan tulang pinggul bayi Anda.

Gendongan pun sebaiknya membuat bayi rapat dengan tubuh Anda dan untuk bayi yang baru lahir, pastikan gendongan yang Anda pilih betul-betul menopang bagian tulang belakangnya dengan baik.

3. Sesuaikan dengan Keperluan

Untuk apa gendongan tersebut Anda perlukan?

Apakah Anda perlu gendongan yang bisa digunakan untuk menyusui si kecil? Apakah Anda memerlukan gendongan yang bisa digunakan baik di dalam maupun di luar rumah? Apakah Anda akan menggendong si kecil untuk waktu yang lama atau hanya untuk sesekali?

Perhatikan berbagai faktor di atas sebelum membeli.

4. Sesuaikan dengan Usia Bayi Anda

Gendongan untuk bayi yang baru lahir belum tentu nyaman untuk bayi yang sudah besar. Atau Anda berniat membeli berbagai gendongan berbeda untuk usia anak yang berbeda?

Berbagai Jenis Gendongan Bayi

Gendongan Ring

gendongan bayi ringKeuntungan:

  1. Mudah dipakai dan dilepas
  2. Cocok untuk anak hingga usia 2 tahun
  3. Mudah membaringkan bayi Anda jika ia tertidur
  4. Banyak variasi posisi menggendong
  5. Mendistribusikan berat bayi antara bahu dengan panggulnya

Kekurangan:

Berat tidak terdistribusikan dengan baik untuk Anda, karena hanya pada sebelah bahu.

Gendongan Bungkus

gendongan bayi wrapKeuntungan:

  1. Berat bayi terbagi secara merata, sehingga Anda akan nyaman memakainya walaupun untuk waktu lama dan untuk bayi yang berat
  2. Bisa untuk anak hingga usia 2 tahun
  3. Banyak variasi posisi menggendong

Kekurangan:

  1. Lama untuk memakai dan melepasnya
  2. Agak sulit untuk dipakai bagi yang tidak terbiasa
  3. Sebagian ibu ada yang tidak nyaman terbungkus dengan kain

Gendongan Carrier

gendong bayi carrierUntuk jenis carrier, tidak mungkin rasanya untuk merinci keuntungan dan kekurangannya, mengingat begitu banyaknya jenis yang tersedia di pasaran.

Ada yang letaknya di bagian depan, ada yang di bagian belakang seperti tas ransel. Oleh karena itu, kami sarankan Anda bertanya langsung dengan produsennya.

.

.

.

.

Tidak ada artikel yang berhubungan.

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

,

30 Responses to Gendongan Bayi: 4 Kriteria Memilih

  1. feni feranica April 5, 2012 at 6:57 am #

    terima kasih ya tips bayi atas masukannya, berarti putriku blm bs ya pake gendongan carrier,,..

    • tips-bayi April 8, 2012 at 4:14 am #

      @ feni feranica,

      Iya bu.. ;-)
      Sabar deh ya..

  2. feni feranica April 4, 2012 at 4:58 am #

    dear tips bayi, bayi ku skrng dah mau memasuki usia 6 bln tptnya pd tgl 5 april nanti saya mau tanya apakah bayiku sdh diperbolehkan menggunakan gendongan carrier sdngkn bayiku trmask bayi prematur, trs apakah ada kekurangannya dikedepannya kelak??, mohon jawabannya ya tips bayi, trm kasih..

    • tips-bayi April 5, 2012 at 2:08 am #

      @ feni feranica,

      Digendong dengan GENDONGAN CARRIER DEPAN berarti sama dengan dipekeh ya..?
      usia paling tepat memekeh bayi yaitu saat bayi sudah bisa duduk sendiri tanpa dibantu tidak masalah terlahir prematur atau normal. Biasanya umur 7-8 bulan. Pada saat itu pinggangnya sudah kuat, jadi posisi mekeh tidak akan membahayakan dan tidak berdampak buruk. Namun disarankan saat memekeh anak harus bertahap mengenai durasi dan frekuensinya.. ;-)

  3. uminya azka November 22, 2011 at 9:53 am #

    ikutan share pengalaman ya bunda. baby-ku, azka udah digendong pk carrier depan sm abinya sejak ia bs menyangga kepala (tp ya jarang alias sesekali aja). dan dia kliatan nyaman n bs smp tertidur disitu. skrg azka dah 6 bulan alhamdulillah dan insyaAllah gpp tuh

    • tips-bayi December 8, 2011 at 3:15 am #

      @ uminya azka,

      Thks atas share-nya.. ;-)

  4. mama rafka November 29, 2010 at 1:38 pm #

    dear tips bayi,
    bagus baget info ttg gendong bayi.. babyQ baru berusia 5 bln..kmrn2 sic ad rencana pgn pke front carrier tp stlh tau klo blm pas u/ bayi usia 5 bln n hrus nuggu 7/8 bln.. jd g sbar pgn nyoba…

  5. ibunya el May 17, 2010 at 1:18 pm #

    dear tipsbayi,
    bagus bgt artikel ttg gendongan ni.. respon tmn2 jg pas bgt dg yg aku hadapi.jd terjwb sudah.. ditmbah lg info dr chel,TOP BGT!! THANK U :)

  6. tipsbayi May 11, 2010 at 11:17 pm #

    chel:

    Terima kasih atas masukan yang sangat bermanfaat.. :-)

  7. chel May 11, 2010 at 5:26 pm #

    Sy ingin berbagi informasi dengan bunda2:

    Front carrier/gendongan depan sebenarnya bukan posisi ideal untuk bayi.

    Bayi umumnya memerlukan gendongan yang bisa tiduran dengan nyaman dan bisa menyangga semua bagian tubuh, sehingga mengurangi ketegangan pada tulang belakang bayi, terutama bayi kecil yang masih lemah.

    Memang bagi yang menggendong terasa gapapa/enjoy, tapi bagi bayi sungguh tidak menyenangkan, dan dampaknya tidak kelihatan seketika, hanya saja bayi belum bisa menyampaikan keluhan.

    Kalau ingin menggunakan front carrier sebaiknya menunggu tulang belakang dan tulang leher bayi sudah kuat.

    Jauh lebih nyaman bagi bayi untuk menggunakan sling, dan anda dapat memilih banyak pilihan yang tersedia di pasaran saat ini, yang juga nyaman bagi anda.

  8. tipsbayi February 23, 2010 at 3:04 am #

    Bunda adhya, hana joe:

    Benar sling atau ring kain.. Anda bisa menemukan bermacam-macam corak dan kwalitas yang bervariatif. Mulai dari buatan lokal sampai buatan luar. Utamakan untuk kenyamanan bayi Anda.. ;-)

    Usia paling tepat memekeh bayi yaitu saat bayi sudah bisa duduk sendiri tanpa dibantu. Biasanya umur 7-8 bulan. Pada saat itu pinggangnya sudah kuat, jadi posisi mekeh tidak akan membahayakan dan tidak berdampak buruk. Namun disarankan saat memekeh anak harus bertahap mengenai durasi dan frekuensinya..

  9. hana joe February 20, 2010 at 1:32 pm #

    Jadi untuk anak saya yang skrg berumur 4 bulan lebih baik pakai gendongan yang tidur (pakai ring atau kain) belum boleh dipekeh pakai gendongan carrier dpn/blk?,gak sabar ya nunggu sampai 7-8 bulan…mohon jawabannya ya,terimakasih

  10. Bunda adhya February 18, 2010 at 7:17 am #

    Jd unt anak 3bln-6bln baiknya pke sling ya?

  11. tipsbayi December 2, 2009 at 3:49 am #

    Aiko Irwan:

    Wah.. maaf keselip nih.. :-)

    Digendong dengan GENDONGAN CARIER DEPAN berarti sama dengan dipekeh ya..?
    usia paling tepat memekeh bayi yaitu saat bayi sudah bisa duduk sendiri tanpa dibantu. Biasanya umur 7-8 bulan. Pada saat itu pinggangnya sudah kuat, jadi posisi mekeh tidak akan membahayakan dan tidak berdampak buruk. Namun disarankan saat memekeh anak harus bertahap mengenai durasi dan frekuensinya..

  12. wienca December 1, 2009 at 10:47 am #

    klo aku lebih enjoy pake gendongan kain, karena bisa nutupin seluruh badan bayi…
    tapi klo naik motor dan jalan ke mall aku pake yang carier, karena lebih asik buat jalan.
    thanks buat tips bayi untuk info2nya…
    ditunggu info selanjutnya.

  13. Aiko Irwan October 14, 2009 at 4:40 am #

    Bayi saya bru 2,5bln.biar praktis pas jalan2 k mall saya pgn pake gendongan carier dpn,boleh ga siy? Coz ortu blg jgn karena katanya bikin kaki anak jd ’0′ mhn replynya.thx b4!

  14. Fenny leo August 18, 2009 at 5:57 am #

    Gendongan carier dpn siip banget.

  15. Mom'AR'cute August 18, 2009 at 5:54 am #

    Pngalamanq pake carier dpn sngt nyaman.
    Meski bnyk org mengatakn kalo’kasian babny hanya ngliat dada momny’.
    Tp babq comfort bnget.
    Aq pake molai umur 4bln ampe now 9bln.
    Aq bs sambil menyusui,bahkan hebohny aq bs sambil mengendarai spdmotor dg jarak yg tdk trlalu jauh,tentuny dg lebih brhati2 :-*

  16. Mom'AR'cute August 18, 2009 at 5:38 am #

    Gendongan carier jenis dpm,sangat nyaman.
    Babq sangat comfort :-*

  17. Fenny leo August 18, 2009 at 5:26 am #

    Pngalamn q utk gendongan carier sngt nyaman dgunakn.
    Walaupn bnyk org yg mengatakn’kasian babyny,tdk bs brgerak,hny menghadap ke dada momny aja’.
    Tp utk babyq sngt nyaman.
    Aq gunakan carier yg jenis didpn.
    Aq pake mulai babq umur 4bln sampe now umur 9bln.
    Bahkan aq bs sambil menyusui dan bahkan hebohny aq bs sambil mengendarai spd motor dg jarak yg tdk trlalu jauh.
    Babyq comfort,bs tdur dg nyenyak pula.

  18. elly March 2, 2009 at 12:50 pm #

    thanks

  19. elly March 2, 2009 at 12:48 pm #

    good very usefull to me

  20. jojo February 24, 2009 at 1:46 am #

    menurutku gendong ibunya lebih asyik dari pada gendong anaknya

  21. upik February 23, 2009 at 3:23 am #

    Info yang menarik banget… Makasih banyak..

  22. fery February 16, 2009 at 4:28 am #

    menurut orang2, gendongan carrier gak bagus utk bayi dibawah 6 bln, karena akan membentuk kaki bayi menjadi seperti katak

  23. yuda February 11, 2009 at 1:27 pm #

    Informasi pada web anda sangat menarik, terima kasih informasi mengenai gendongan bayi.

  24. wawan February 4, 2009 at 2:32 am #

    berikan informasi yg lebih……………

  25. nareswari January 31, 2009 at 11:02 am #

    artikelnya menarik.aku setuju dg pendapatnya bonnie. tolong diberi penjelasan yg lbh lengkap ttg gendongan carrier.aku punya baby umur hampir 2 bln. aku selama ini terbiasa pake gendongan dari kain baik. biar dibilang jadul,tp aku nyaman makenya. skrg aku pengen nyoba gendongan carrier untuk anakku kelak. tks

  26. Bonnie January 26, 2009 at 11:19 am #

    Wah… menarik juga ya.. sayang untuk gendongan carrier tidak dibahas di sini. Pada hal jika kita bertanya langsung pada produsennya, tentunya ia tidak akan memberitahukan kekurangannya.

Leave a Reply