Cara Memandikan Bayi: Apa Saja Yang Harus Disiapkan?

bayi mandiJika Anda baru saja kehadiran buah hati untuk yang pertama kalinya, maka proses memandikan bayi pasti menyenangkan sekaligus menakutkan bagi Anda.

Bagaimana tidak, si makhluk mungil yang tak berdaya itu kan sangat lemah, jadi Anda harus ekstra hati-hati. Nah, untuk itulah kali ini Anda bisa menyimak, perlengkapan apa saja yang harus Anda persiapkan sebelum proses memandikan bayi dimulai…

Perlengkapan Mandi Bayi yang Harus Anda Siapkan

1. Bantal dan Handuk

Jika Anda hanya ingin melap bayi Anda, maka penggunaan bantal dan handuk akan sangat membantu proses ini, apalagi tangan Anda kan harus terus-menerus memegang si kecil. Letakkan bantal yang dibungkus dengan handuk dan baringkan bayi Anda di atasnya. Jangan lupa, kegiatan ini sebaiknya Anda lakukan dalam ruangan yang tertutup, agar bayi Anda tidak kedinginan.

2. Bak mandi bayi

Sebelum Anda membawa bayi Anda untuk dimandikan, pastikan bak mandi bayi sudah tersedia dan siap pakai. Anda dapat melapis dasarnya dengan handuk atau spons, agar bayi Anda merasa lebih nyaman dan juga aman. Penggunaan bak mandi ini biasanya untuk bayi yang sudah agak besar.

3. Kain waslap

Anda juga akan memerlukan kain waslap atau spons mandi untuk bayi. Mulailah membuka pakaiannya satu per satu agar ia tidak kedinginan. Basuh tubuhnya mulai dari bagian leher ke bawah.

4. Bola kapas

Bola kapas sangat membantu untuk membersihkan bagian sekitar mata bayi. Mulailah membersihkannya mulai dari bagian dalam matanya ke arah bagian luar. Gunakan bola kapas yang berbeda untuk setiap mata.

5. Handuk bertopi

Handuk bertopi sangatlah baik untuk mengeringkan bayi Anda setelah mandi. Ingatlah, jangan menggosok-gosokkan handuk tersebut ke badannya, karena nanti kulitnya bisa lecet. Cukup ditepuk-tepuk hingga kering.

6. Popok bersih

Sebelum Anda memakaikan baju kepadanya, sediakan dulu popok bersih untuknya.

7. Alkohol

Jika tali pusar bayi Anda masih menempel, maka Anda bisa menggunakan alkohol untuk menjaga kebersihannya. Namun begitu, sebaiknya tanyakan dulu pada dokter Anda apakah memang penggunaan alkohol tersebut dibolehkan untuk bayi Anda.

8. Produk kulit bayi

Banyak kontoversi seputar penggunaan lotion dan bedak untuk bayi. Yang jelas, hindari penggunaan produk yang menggunakan parfum, serta hindari pemakaian bedak bubuk, karena bisa menimbulkan gangguan pernafasan pada bayi Anda.

9. Sabun bayi

Pemakaian sabun, sebenarnya bisa menganggu stabilitas pH tubuh bayi Anda. Padahal, pH tubuhnya tersebut bisa membantu melindunginya dari berbagai kuman. Nah, apapun sabun bayi yang Anda pilih, usahakan untuk memilih produk yang bebas parfum dan hypoallergenic. Pemakaian sabun pun tidak perlu setiap hari… cukup 1 kali setiap minggu atau bahkan setiap 2 minggu, hingga bayi Anda tumbuh lebih besar dan berinteraksi dengan lebih banyak kotoran.

10. Shampoo bayi

Pilihlah yang tidak perih buat matanya. Gunakan shampoo 1 atau 2 kali setiap minggu. Caranya, jatuhkan 2 atau 3 tetes shampoo pada kepala bayi Anda, lalu gosoklah kulit kepalanya secara perlahan-lahan.

11. Gunting kuku

Setelah ia mandi, kukunya menjadi sangat lunak. Makanya ini merupakan waktu yang baik untuk merapihkan kukunya.

12. Sikat halus

Untuk membersihkan kerak atau kotoran yang melekat di kulit kepala bayi Anda, gunakanlah sikat yang sangat halus. Anda bisa melakukannya setiap hari, setelah mandi.

Selamat mencoba!

Artikel yang berhubungan:

  1. Apa Itu Baby Blues Syndrome? Apa Bedanya Dengan Postpartum Depression?

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

81 Responses to Cara Memandikan Bayi: Apa Saja Yang Harus Disiapkan?

  1. cara September 22, 2013 at 6:57 am #

    terima kasih banyak tipsnya bunda…semoga bisa ditambah lagi tipsnya

  2. Chie lestari July 27, 2013 at 7:00 pm #

    Aq mo tanya..
    Anakku usiax 3bln lbih,
    tmpat tggalku yg skrg itu panas, dan gerah..
    Dan skrang anakku terkena biang keringat di lipatan leher(krna gemuk)dan hampir d sluruh area kecuali bagian pinggul k bwah dan wajah..
    Ada yg bilang jgn d kasih bedak..
    Cara ngobatinnya gimna y?
    Pake salep dri bidan bahaya gak?
    Trus brapa lma jgka wktu penyembuhannya?
    Dan kalo pake kipas angin bahaya gak buat kesehatannya?
    Mohon sarannya..
    Thx..

    • tips-bayi July 31, 2013 at 1:21 am #

      Chie lestari

      Penyebab biang keringat ini biasa terjadi akibat tersumbatnya kelenjar keringat, jadi solusinya:

      * Mandi secara teratur dan keringkan dengan handuk lembut, jangan menaburkan bedak dalam keadaan basah. bahkan sebaiknya tidak pakai bedak karena bedak menghambat keluarnya keringat.
      * Ketika berkeringat, seka badan dengan lap basah dan keringkan kembali dengan handuk kering.
      * Gunakan baju yang berbahan katun dan nyaman dipakai (tidak terlalu sempit), untuk mengurangi panas.
      * Jagalah ventilasi ruangan, agar pertukaran udara berlangsung lancar dan lebih sejuk..

      Sebenarnya sebagian besar biang keringat akan sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan.

      Tidak apa-apa Bunda gunakan kipas, AC, atau cooler.. asalkan diperhatikan agar bayi Bunda tidak terkena hembusan langsung kipas angin atau AC yang sedang dipasang.

      Selain itu, sebaiknya Bunda memperhatikan juga kebersihan AC maupun kipas angin dengan membersihkannya secara teratur. Sebab, kotoran atau debu dari kipas atau AC itulah justru yang menyebabkan tidak sehat.. ;-)

      Ya jelas lebih baik tanpa AC atau kipas.. Alami itu lebih baik, maka buatlah fentilasi ruangan sebaik mungkin.. ;-)

  3. Reply April 25, 2013 at 6:32 pm #

    Ass..
    Hai tips mw tny baby sya umury 1bln.brat bdany udh 4kg..pa it n0rmal??
    Trs kalau tdr suka ng0r0k&kadang ska senyum..pa it jg n0rmal&tdk pa2?
    My baby minum ASI,tp kalau hbs menyusui puting terasa perih,penyebabnya pa&bahaya g?
    Mksh

    • tipsbayi April 26, 2013 at 4:23 am #

      Normal, normal, normal… ;)

      Coba ketika menyusui, posisi bayi yang benar, sehingga mulutnya betul-betul nyaman menempel di payudara. Teknik ini dikenal dengan istilah ‘latch on’. Kalau posisi mulut bayi tidak menempel dengan baik, maka terjadilah lecet.

  4. jeany March 6, 2013 at 10:17 am #

    Sore..mau nanya..baby ku 9bulan, batuk dan flu,,tp aku mandiin dia dua kali sehari, meskipun cuaca kurang bagus? Apakah tidak apa??????thank b4

    • tips-bayi March 14, 2013 at 2:42 am #

      jeany,

      Pagi,

      Untuk memandikan bayi sebaiknya tetap Anda lakukan selama bayi Anda hanya batuk atau flu saja. Bisa disesuaikan dengan cuaca, Anda bisa gunakan air hangat atau air biasa.. ;-)

  5. indri saffaanah October 2, 2012 at 11:11 am #

    hai,,tips,,mau share sdkt nih,,,
    td setelah dr toilet, sy mengeringkan kaki dan paha anak sy, iseng sy mendekatkn hidung ke arah vaginanya, hidung sy mencium bau yg krg sedap, sprti agak amis, atw anyir.
    Apakah itu hal yg wajar jika vagina anak berbau? Atw krn disebabkn kuman atw bgmn y? Selama ini sy membersihkannya dg tangan setelah bak dan bab, lalu diulang menggunakan sabun, tp tdk ke bagian dlm vagina? Tp knp berbau sprti itu y? Agak mirip bau vagina wanita dewasa yg sdg haid?
    Trims,,,

    • tips-bayi October 4, 2012 at 4:24 am #

      indri saffaanah,

      Hmm.. Wajar bunda.. Sama seperti orang dewasa, vagina anak rentan terhadap rasa gatal, iritasi atau bahkan infeksi.

      Ketika Anda mengganti popok, selalu bersihkan vagina balita Anda dari arah depan ke belakang untuk menghindari penyebaran bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Jangan lupa bersihkan celah-celah di sekitar vagina dan vulva anak Anda.

      Hati-hati.. Penggunaan wewangian beralkohol, minyak, tisu, lotion, dan krim meningkatkan risiko iritasi vagina pada anak.

      Kebanyakan balita suka menghabiskan waktu di bak mandi karena menyenangkan. Jangan biarkan anak Anda duduk di dalam bak mandi dengan air yang telah kotor oleh busa sampo dan sabun yang berpotensi menyebabkan iritasi. Maka Setelah selesai mandi, cucilah vagina anak Anda dan bilas dengan air bersih, gunakan waslap untuk menghilangkan semua sisa sabun.

      Jangan membiarkan popok atau pakaian bayi Anda dalam kondisi basah atau lembab karena dapat mengiritasi kulit sensitif di sekitar vagina. Pilihlah pakaian anak yang terbuat dari kain yang menyerap keringat karena keringat yang tertahan di area vagina juga dapat menyebabkan iritasi.

      Jika anak Anda tampak kesakitan setelah buang air kecil atau area vaginanya tampak merah, mungkin anak Anda menderita peradangan pada vagina atau vulva, yang disebut vaginitis, segera periksakan kondisi anak Anda tersebut ke dokter.

  6. muhammad fauzan September 12, 2012 at 12:37 pm #

    apakah memandikan bayi pada malam hari pakai air hangat boleh di lakukan…?

    • tips-bayi September 24, 2012 at 6:39 am #

      @ muhammad fauzan,

      Malam hari..? Apa bayi Anda tidak tidur..? ;-)
      Meskipun boleh-boleh saja akan tetapi sebaiknya buatlah kebiasaan yang terpola dengan baik. Makan, tidur, mandi dan lainnya. Bahkan nantinya BAK dan BAB juga akan terpola dengan baik..

  7. Try July 19, 2012 at 9:56 am #

    artikelnya sangat bermanfaat, izin bookmark :)

  8. Papinya Uin.. July 8, 2012 at 4:55 am #

    Ok..Terimakasih tips-bayi atas responnya..
    Sangat bermanfaat..:)

    Salam Hangat,
    Papinya Uin

    • tips-bayi July 8, 2012 at 8:37 am #

      @ Papinya Uin,

      Sama-sama .. Terima kasih ..;-)

  9. wie June 30, 2012 at 4:34 pm #

    hi tips… bayi itu sebaiknya dimandikan pagi dan sore atau cukup pagi saja, sementara sore di waslap? thx atas jawabannya

    • tips-bayi July 7, 2012 at 12:55 pm #

      @ wie,

      1 atau 2 kali juga boleh.. tergantung cuaca, kalau cuacanya panas boleh mandi sore agar bayinya tidak gerah..;-)

  10. Papinya Uin.. June 23, 2012 at 1:42 pm #

    wah bagus sekali tipsnya..sekalian mau nanya..hehehe..
    1. setelah umur berapa hari bayi boleh dibawa keluar untuk berjemur?
    2. Apakah baby walker aman digunakan untuk bayi?
    3. banyak jenis kain gendong sekarang ini..ada yang tegak sejajar dada kita..ada yang miring diagonal dada..mana yang sebaiknya digunakan agar bayi nyaman?
    4. kalau kamar ber-AC, suhu berapa yang cocok untuk bayi?

    Terimakasih banyak

    Salam Hangat,
    Papinya Uin

    • tips-bayi July 6, 2012 at 2:05 am #

      @ Papinya Uin..,

      1. Bayi baru lahir asalkan cukup BB atau tidak prematur, jika prematur sudah normal dan stabil sudah bisa dijemur. Perlu diperhatikan, untuk berjemur jangan sampai kena sinar matahari langsung. Biasakan jemur bayi Anda di bawah sinar matahari pagi (s/d pk 08.00)

      2. Uin suka baby walker ya..? Dengan membaca artikel berikut mudah-mudahan bisa memberikan sedikit pencerahan pada Anda.. ;-)

      http://www.tipsbayi.com/baby-walker-perlu-nggak-sih.html

      Jika bayi Anda sudah berlatih berdiri, Anda bisa mencoba tips sederhana untuk mengajari bayi Anda jalan dengan cepat.. Ajarkan bayi Anda berjalan dengan mendorong kursi plastik kecil atau galon air mineral besar.. Dengan begini maka bayi Anda akan lebih termotifasi untuk cepat belajar jalan.. Akan tetapi HARUS selalu Anda dampingi.. ;-)

      3. Bayi Anda akan terasa nyaman jika posisinya bergantian. Jadi Anda bisa coba semua posisi.. ;-)
      Hanya saja jika bayi Anda akan digendong dengan GENDONGAN CARRIER DEPAN berarti sama dengan dipekeh ya..?
      usia paling tepat memekeh bayi yaitu saat bayi sudah bisa duduk sendiri tanpa dibantu. Biasanya umur 7-8 bulan. Pada saat itu pinggangnya sudah kuat, jadi posisi mekeh tidak akan membahayakan dan tidak berdampak buruk. Namun disarankan saat memekeh anak harus bertahap mengenai durasi dan frekuensinya..

      4. Jadi ruangan tidur si kecil menggunakan AC ya? Sebenarnya tidak mengapa, hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
      - Suhunya jangan terlalu dingin, diatur dengan suhu antara 25-26 derajat celcius
      - Jangan mengarah langsung ke bayi
      - Cuci AC secara berkala, dan bersihkan juga debunya secara berkala
      Sebenarnya lebih baik buka jendela dan pintu ruangan setiap hari, agar sirkulasi udara ruangan tersebut baik, alami itu lebih baik, maka buatlah fentilasi ruangan sebaik mungkin.

  11. w.a.q.a June 21, 2012 at 1:20 am #

    hai tips bayi.

    Info artikel dan tnya jwb nya bgus, smoga bs lanjut trs dan gk kualahan ya :D
    d liat tnya jwbnya dr 09 s/d 12 msh trz exit.
    Congrat deh..

    • tips-bayi June 25, 2012 at 12:55 pm #

      @ w.a.q.a,

      Terima kasih … ;-) Amin …;-)

  12. ifa May 4, 2012 at 6:08 am #

    Thx infonya.. bermanfaat banget terutama bagi ibu baru seperti saya yg punya anak usia 2 bln. Pada pukul berapa sebaiknya bayi dimandikan dan di usia brp bayi bisa dimandikan dng air dingin/berendam dng pelampung sperti di tempat spa baby.

    • tips-bayi May 18, 2012 at 7:05 am #

      @ ifa,

      Anda tinggal didaerah panas atau dingin… ? kalau Anda tinggal di daerah dingin jangan di mandikan terlalu pagi.

      Usia bayi 2-3 bulan sebenarnya sudah bisa dibawa berenang.. Akan tetapi di negara kita perlu pertimbangan juga untuk membawa bayi 2-3 bulan berenang. Karena fasilitas kolam renang di negara kita belum ada fasilitas seperti diluar sana yang menyediakan kolam untuk berenang bayi.., jadi solusinya apabila ingin meniru kita cari kolam renang yang memang kadar kaporitnya rendah, sirkulasi airnya bagus, dan yang penting kita harus hati-hati dalam mencobanya.. :-)

  13. Bunda Nuril March 26, 2012 at 1:02 pm #

    Assalamu’alaikum…anak saya berusia 2bln lebih. anak saya sering pake diaper trs saya beli salep karena dia iritasi di pantatnya merah2. skarng sembuh tapi bekas salepnya jadi putih. apa itu bisa hilang? atau apa ada obatnya?? trims

    • tips-bayi March 31, 2012 at 2:36 am #

      @ Bunda Nuril,

      Wa’alaikumussalam..

      Usia bayi Anda baru 2 bulan ya..? Anda jangan khawatir.. Meskipun ada krim khusus untuk menghilangkan noda akan tetapi tetap lebih baik alami saja.. karena noda seperti itu tidak akan membekas bila dewasa nanti kok.. ;-)

      Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun dengan rutin..

  14. obattradisionalkankerhati February 26, 2012 at 12:02 pm #

    Terima kasih banyak atas segala infonya, saya punya bayi sering skit, kira2 gk apa2 kan sering di mandiin…..

    • tips-bayi March 3, 2012 at 4:48 am #

      @ lukman,

      Mandi tidak apa-apa.. Bahkan mandi air hangat ketika demam adalah salah satu cara untuk menurunkan panasnya.

      Perlu diketahui, demam karena penyakit apa pun, dari yang ringan seperti flu atau infeksi ringan, hingga infeksi berat di susunan saraf pusat atau di otak, dapat menggunakan kompres. Seiring dengan kemajuan ilmu kedokteran, telah ditemukan ternyata cara yang paling pas mengompres yaitu menggunakan air hangat bahkan memandikan anak dengan air hangat.

      Pada prinsipnya mengompres adalah memberi kemungkinan agar panas yang ada dalam tubuh dapat mengalir keluar. Panas keluar melalui tempat-tempat di mana pembuluh darah besar yang dekat dengan kulit berada. Maka kalau hanya dahi yang dikompres, kemungkinan yang dingin cuma dahinya, sementara tubuhnya tetap panas. Jadi cara yang benar adalah dengan meletakkan kompres di tempat yang tepat, yaitu di leher, ketiak, dan selangkangan.. ;-)

  15. ummi lintang November 24, 2011 at 1:09 pm #

    tolong diulas ttg penggunaan tissue basah pd bayi, air d daerah sy krg bagus, shg utk bersihkan BAB dan pipis sy pake tissue basah baby m*** non alcohol. makasih sblmnya

    • tips-bayi December 12, 2011 at 2:53 am #

      @ ummi lintang,

      Untuk tisu basah khusus bayi boleh digunakan asal tidak terlalu sering, karena Ada produk tisu basah yang menggunakan cairan alkohol dengan konsentrasi yang sangat sedikit. Frekuensi pemakaian yang tidak terlalu sering masih aman buat bayi.

      Tapi bila keseringan, bisa menimbulkan efek negatif bagi kulit yang masih sensitif, misalnya iritasi. Jadi untuk bayi, pilih tisu basah yang tak mengandung alkohol.. ;-)

  16. fathiya October 29, 2011 at 6:04 pm #

    penggunaan yang baik setelah bayi mandi apa ya?minyak telon ato lotion anti iritasi sebagai pengganti bedak?terus kapan saatnya pemakaian baby oil?pemijatan bayi yang baik dilakukan sebaiknya sebelum mandi ato setelah mandi?tq

    • tips-bayi December 4, 2011 at 3:51 am #

      @ fathiya,

      Apabila pada lipatan lipatan kulit bayi cenderung mengalami lecet, sebaiknya menggunakan baby oil atau baby lotion untuk mencegah luka lecet akibat gesekan.

      Minyak telon.. Minyak gosok ini biasanya kita oleskan pada punggung, dada, dan kedua telapak kaki si kecil setiap kali habis mandi. “Penggunaan minyak telon sebagai penghangat diwariskan turun-temurun secara tradisional,” kata dr Elizabeth Hutapea, SpA.

      Yang juga perlu digarisbawahi, kendati aman, minyak gosok khusus bayi sebaiknya digunakan secukupnya saja hanya pada saat dimana bayi membutuhkan kehangatan: sesudah mandi, saat cuaca dingin, atau ketika ia rewel akibat gangguan pilek. Selain itu, perhatikan pula kondisi kulit si kecil. Kalau setelah menggunakan minyak gosok khusus bayi kulitnya terlihat kemerahan atau beruntusan (bintil-bintil), sebaiknya segera hentikan pemakaiannya saat itu juga.. ;-)

      Pemijatan Bayi..?

      Kapan Waktu Memijat ?

      Pagi hari
      Malam hari dimana akan membantu bayi tidur lebih nyenyak
      Menjelang mandi sore

      Pemijatan pada bayi tidak boleh dilakukan :

      Saat bayi sedang menangis atau merasa terganggu
      Pada saat bayi akan mandi (untuk bayi dibawah umur 5 bulan)
      Ketika bayi panas (suhu badan diatas normal)
      Pasca Imunisasi
      Pada saat bayi sedang lapar atau sehabis makan dan minum
      Pasca trauma atau jatuh (sebelum dipastikan benar tidak terjadi cedera pada bayi)

      Hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum pemijatan

      Tunggu sampai 1 (satu) jam sesudah bayi makan atau minum susu
      Cari waktu saat bayi tidak mengantuk
      Beritahukan kepada petugas jika bayi anda alergi lotion atau oil tertentu

  17. anik September 15, 2011 at 9:10 am #

    ko ribet yuaaa…beda banget caranya mandiin ala my mom hehehe tp bagus juga sich..:) like it

  18. Andrea Rizzardi August 1, 2011 at 6:59 am #

    Typically I do not post on posts, but I would prefer to say which it site seriously forced me to do it! Many thanks, quite excellent publish.

  19. aquina January 28, 2011 at 4:24 am #

    tips nya oke banget..
    mau tanya,,kalo pada bayi yang belum puput pusat bagaimana mandikanya apakah boleh selalu kena air (mandi 1/2 badan masuk ke bak air) atau hanya di lap2 saja??
    ada yang bilang agar cepat puput mandinya harus kena air, tapi ada juga yang bialng jangan..
    untuk bayi yang baru lahir apakah harus selalu di jemur pagi2 hari atau tidak??kalo iya berapa lama durasinya?
    terima kasih

    • tipsbayi February 5, 2011 at 4:07 am #

      @ aquina,

      Belum puput ya..? Sama saja kok.. Mandikan seperti biasa tahapan memandikan bayi, hanya jika ari-ari belum puput, beri ekstra perhatian pada ari-ari. Keringkan dengan handuk, kemudian bungkus dengan kasa steril. Jika ari-ari sudah puput dan belum kering, oles dengan betadine menggunakan cotton buds. Jika sudah kering, bersihkan udel menggunakan cotton buds yang ditetesi baby oil.. ;-)

      Berjemur setiap hari bagus lho.. Anda bisa menjemur bayi sekitar 15-30 menit pada pukul 07.00 – 09.00..

  20. tari October 13, 2010 at 3:54 am #

    bgs bgt tips2nya,thanks ya..membantu bgt utk ibu baru,mau tny kalau bayi iritasi krn alergi bedak gmn penangananya?

    • tipsbayi February 5, 2011 at 3:56 am #

      @ tari,

      Alergi? Tidak usah pakai bedak.. Bahkan sebaiknya sih bayi tidak usah pake bedak.., kalaupun pake harus tipis dan hati-hati.. :-)

      Perlu diingat:
      - Jangan menjadikan bedak sebagai alat pengganti untuk membersihkan kulit bayi dari sisa-sisa kencingnya.
      - Jangan memakaikan bedak tebal-tebal pada kulit bayi atau anak apalagi sampai menutupi atau menyumbat alat kelaminnya karena dapat menyebabkan terjadinyaa infeksi pada kelamin atau dan saluran kencingnya.
      - Jangan membiarkan anak bermain bedak sehingga terhirup atau termakan karena dapat menimbulkan efek-efek yang tak diinginkan bagi paru-paru atau pencernaannya.
      - Jangan melabur bedak pada kulit bayi atau anak yang sedang pecah atau luka sebab dapat menimbulkan reaksi granuloma.

      Untuk mengetahui sejauhmana bahayanya produk-produk kosmetik bayi, Anda bisa membacanya pada artikel terkait di:

      http://www.tipsbayi.com/index.php/racun-dalam-produk-mandi-bayi

  21. tipsbayi September 21, 2010 at 3:44 am #

    @ Tuty,

    Direndam 1/2 badan di bak mandi boleh.. Sambil di lap-lap tentunya.. Mandi lebih bagus.. ;-)

  22. tipsbayi September 21, 2010 at 3:32 am #

    @ mama griff,

    Karena sela jari-jari tangan bayi biasanya lembab, maka mengundang dedak menempel pada sela-sela jari tersebut. Bisa saja dari baju atau benda-benda sekitar bayi Anda..

    Anda bisa membersihkan dengan handuk katun lembut yang kering, bersihkan dengan perlahan.. ;-)

  23. Tuty September 20, 2010 at 12:54 pm #

    Hallo, Aku mau tanya..apakah dlm memandikan bayi yg bru lahir boleh direndam 1/2 badanya di bak mandi dgn air? Atau hanya di lap2?

  24. gessye August 19, 2010 at 1:11 pm #

    wahhh pengetahuan baru..sng bisa tau hihihi

  25. mama griff June 1, 2010 at 12:18 pm #

    Anak saya berumur 2 bln. Tiap kali di sela2 jari tangan ada kotoran masuk. Bgm kok kotoran bisa masuk di sela2 jari tangannya? dg apa dibersihkannya? Thanks

  26. tipsbayi May 14, 2010 at 6:18 am #

    bunda nabil:

    Bagus pakai lotion bunda.. ;-)
    Dan pastikan setelah mandi lipatan kulit Nabil selalu kering..

  27. tipsbayi May 14, 2010 at 6:12 am #

    yanti_bunda kevin:

    Untuk pemakaian diapers boleh saja meskipun digunakan setiap hari, tetapi pemakaian diapers pada Kevin sebaiknya tidak sepanjang hari.., berikan kesempatan daerah kelaminnya terpapar udara segar beberapa saat dan pilihlah diapers yang nyaman ukuran serta ketebalannya dan kemampuan penyerapannya.. Mungkin Kevin bisa kurang nyaman karena ketebalannya, Anda bisa coba pilihkan diapers yang lebih tipis.. ;-)

  28. yanti_bunda kevin May 12, 2010 at 6:34 am #

    anak saya kevin 4 bulan dr sejak lahir dah dipakaikan pamper newborn hingga skg,apakah tdk akan berdampak negatif,maklum saya tdk tau krn anak pertama mohon jawabannya..trims ya

  29. bunda nabil August 6, 2009 at 6:19 am #

    bayi saya gemuk jadi banyak lipatan2 di leher dan paha. Lipatan2 di leher sering merah, padahal sehari mandi 2x pagi dan sore, dan setip kali mandi selalu dibersihkan terus dikasih bedak. Bagaimana caranya agar lipatan di leher tidak merah2?klo dikasih lotion penghilang iritasi dari produk tertentu boleh g?baik mana antara bedak dan lotion?
    terima kasih atas saran dan infonya

  30. tipsbayi August 4, 2009 at 4:39 am #

    bunda nabil :

    Untuk tisu basah khusus bayi boleh digunakan asal tidak terlalu sering, karena Ada produk tisu basah yang menggunakan cairan alkohol dengan konsentrasi yang sangat sedikit. Frekuensi pemakaian yang tidak terlalu sering masih aman buat bayi. Tapi bila keseringan, bisa menimbulkan efek negatif bagi kulit yang masih sensitif, misalnya iritasi. Jadi untuk bayi, pilih tisu basah yang tak mengandung alkohol.

    Meskipun digunakan setiap hari tetapi pemakaian diapers pada bayi Anda sebaiknya tidak sepanjang hari.., berikan kesempatan daerah kelaminnya terpapar udara segar beberapa saat dan pilihlah diapers yang nyaman ukuran serta ketebalannya dan kemampuan penyerapannya..

    Untuk bayi yang baru lahir, jangan khawatir jika rambutnya tipis, karena itu merupakan rambut bawaan saat ia berada di alam kandungan. Nanti rambut permanennya akan tumbuh sebelum ia berusia 1 tahun.

    Di sisi lain, jika ada bayi yang terlahir dengan rambut tebal, ini juga bukan jaminan rambut permanennya akan lebat. Bisa jadi tebalnya rambut ketika lahir merupakan pengaruh hormon Androgen dari sang ibu dan sifatnya sementara saja.

    Rambut tebal sebenarnya lebih ditentukan oleh faktor keturunan…

    Namun begitu, jika Anda masih ingin mencoba untuk “melebatkan” rambut bayi Anda, coba berikan minyak kemiri yang disangrai atau cairan lidah buaya ke kulit kepalanya. Perhatikan jika ada efek disebabkan alergi…

  31. parsono August 3, 2009 at 1:19 pm #

    Apakah boleh dalam merawat bayi setiap pagi dibawa diluar untuk mendapat sinar matahari pagi?? dan berapa lama, kalau boleh berapa lama (menit)
    terima kasih.

  32. bunda nabil August 3, 2009 at 9:32 am #

    Apakah berbahaya menggunakan tisue basah u/ membersihkan bayi pada saat pipis or BAB?berapa lamakah waktu Max pemakaian pampers?jika digunakan tiap hari apakah berbahaya?lendir lidah buaya yang digunakan pada bayi apakah ada efek sampingnya?bagaimana cara agar rambut bayi bisa tumbuh banyak? terima kasih atas saran & infonya

  33. tipsbayi July 30, 2009 at 3:07 am #

    Trias :

    Bersih kok.., bayi kan tidak kotor-kotor amat.. :-)

  34. Trias July 29, 2009 at 1:39 pm #

    Klo bayi dikeramasi tanpa shampo ato mandi tanpa sabun apa pasti kulitnya bersih?
    Normalnya untuk bayi dibawah 6bln mandi mesti 2 kali ya? klo sore hanya di spons?

  35. tipsbayi July 29, 2009 at 4:17 am #

    Trias :

    Memang benar sejak hari pertama bayi sudah boleh dikeramasi, dan dianjurkan dilakukan setiap hari. Tujuannya, agar sel-sel kulit mati dan kotoran tidak menumpuk menjadi kerak di kulit kepalanya. Tentunya dengan lembut dan hati-hati.. :-)

  36. Trias July 26, 2009 at 2:52 am #

    Apa bayi aman jk dikeramasi setiap hari? saya pernah baca untuk menghindari adanya kerak dan kulit mati? benarkah?

  37. tipsbayi July 15, 2009 at 3:40 am #

    Trias :

    Feses tidak akan masuk terlalu dalam kok.., cukup Anda buka lipatan-lipatan paha dan luar vaginanya, bisa juga dengan sambil dibantu di guyur dengan air hangat.., jangan lupa keringkan.. :-)

  38. Trias July 13, 2009 at 5:06 am #

    Tips, kalau vagina terkena feses waktu BAB… apa pasti tdk msk bag dlm vagina? apatetap saja dibersihkan hy bag. luar?

  39. tipsbayi July 13, 2009 at 4:07 am #

    trias :

    JANGAN membersihkan daerah dalam.., dan membersihkan vagina bayi Anda harus dilakukan dengan lebih hati-hati. Karena, letak vagina berdekatan dengan lubang anus. Posisi yang demikian lebih memungkinkan mikroorganisme pada dubur berpindah ke vagina.

    CARA MEMBERSIHKAN VAGINA BAYI :

    1. Ambil kapas bersih yang dibasahi air hangat, usapkan di daerah sekitar vagina, dari lipatan-lipatan paha bagian dalam sampai ke pangkalnya.

    2. Ambil lagi kapas bersih yang dibasahi air hangat. Pegang kedua kaki bayi Anda, angkat. Bersihkan area sekitar vagina dan anus. Selalu dimulai dari bagian depan lalu ke arah belakang agar bakteri yang terdapat di sekitar anus tidak berpindah ke vagina. Bersihkan hanya di daerah bibir vagina. Jangan menyentuh daerah yang lebih dalam.

    3. Keringkan dengan tisu lembut yang tidak mudah robek atau kain yang bersih,
    bersihkan juga daerah pantat, paha, dan panggul.

    4. Biarkan bayi Anda tanpa popok untuk beberapa saat agar bagian bawah tubuhnya terkena udara. Setelah itu, bayi Anda siap dipakaikan popok yang bersih.. ;-)

  40. Trias July 12, 2009 at 3:10 am #

    Dear Tips, bgm cara membersihkan vagina yg benar pada bayi? apa boleh membersihkan bagian dalam ? caranya ?

  41. tipsbayi July 11, 2009 at 3:31 am #

    dewi :

    Ada bedak cair.. tapi sebaiknya sih bayi tidak usah pake bedak.., kalaupun pake harus tipis dan hati-hati.. :-)

    Perlu diingat:
    - Jangan menjadikan bedak sebagai alat pengganti untuk membersihkan kulit bayi dari sisa-sisa kencingnya.
    - Jangan memakaikan bedak tebal-tebal pada kulit bayi atau anak apalagi sampai menutupi atau menyumbat alat kelaminnya karena dapat menyebabkan terjadinyaa infeksi pada kelamin atau dan saluran kencingnya.
    - Jangan membiarkan anak bermain bedak sehingga terhirup atau termakan karena dapat menimbulkan efek-efek yang tak diinginkan bagi paru-paru atau pencernaannya.
    - Jangan melabur bedak pada kulit bayi atau anak yang sedang pecah atau luka sebab dapat menimbulkan reaksi granuloma.

  42. dewi July 10, 2009 at 6:11 am #

    kok saya kurang mengerti dg hindari pemakaian bedak bubuk. padahal kebanyakan produk2 bedak bayi berupa bubuk, trus bedak apa dong yg semestinya digunakan. tolong rekomendasinya, thank’s

  43. tipsbayi July 9, 2009 at 3:58 am #

    trias :

    Sabun batangan atau cair, fungsinya sama saja. Jadi, tergantung selera masing-masing, bila dilihat dari segi kepraktisan dan higienis, sabun cair lebih baik, karena terhindar dari masalah sabun terjatuh ke lantai..

    Tapi perlu diketahui, beberapa bayi mungkin tidak cocok dengan sabun cair. Karena, pada umumnya sabun cair menggunakan bahan pewangi dan pewarna lebih banyak ketimbang sabun batangan. Sehingga untuk bayi yang mudah alergi, bisa saja mengalami reaksi terhadap bahan tambahan tersebut. Walaupun ada juga bayi yang tak mengalami reaksi apa pun.. :-)

  44. trias July 8, 2009 at 1:28 pm #

    Sebetulnya sabun yg digunakan untuk mandi bayi yg baik batangan atau cair ya?

  45. tipsbayi July 3, 2009 at 3:27 am #

    Iis wicaksono :

    Terima kasih atas masukannya yang sangat berguna sekali, memang kita harus extra hati-hati.. :-)

  46. lis wicaksono July 2, 2009 at 12:18 pm #

    Infonya sgt b’manfaat, tapi menurut saya m’gunting kuku bayi setelah mandi justru b’bahaya, krn bisa jadi kita terlalu menjorok ke dalam ketika mengguntungnya krn efek lunak tadi batas antara kuku dan daging jadi gak kelihatan. Pada kuku org dewasa pun perlakuannya demikian, pada saat kuku masih basah sih blm terasa sakitnya, tapi kalo kuku uda kering baru tau kalo kita nggunting kukunya terlalu kedalam. Lebih baik guntinglah kuku bayi anda ketika t’lelap tidur, shg tidak ada gerakan yang bisa m’bahayakan. Dmikian, trmksh

  47. lis wicaksono July 2, 2009 at 12:01 pm #

    menurut saya, m’gunting kuku jgn dilakukan ketika sesudah mandi dg tujuan agar kuku lebih lunak. Hal ini justru b’bahaya, krn kita bisa saja terlelu menjorok ke dalam ketika m’guntingnya, sakit bgt rasanya. Pada kuku org dewasa saja perlakuannya ‘jgn gunting kuku setelah mandi”, krn batas antara kuku dan daging jadi tidak begitu jelas karena efek lunak tadi. Lebih baik gunting kuku bayi anda ketika sedang t’lelap tidur, krn tdk ada gerakan yang mungkin bisa m’bahayakan.
    Demikian, semoga bermanfaat

  48. sylvia herawati June 9, 2009 at 8:40 am #

    makasi banget ya seputar info-infonya

  49. ixay seeta May 8, 2009 at 9:28 am #

    menurut saya, bayi yg baru lahir mempunyai tulang yg rawan
    so,jgn takut untuk menggendong,apalagi memandikannya. Sedikit tips dr saya, setelah memandikan bayi , hembuslah kedua lubang telinganya , sehingga air yg mengendap ditelinga bayi dapat keluar dengan hembusan udara yg kita tiupkan.
    Selamat mencoba!

  50. tipsbayi April 23, 2009 at 12:00 am #

    ummu musa:

    Untuk lebih jelas, Anda bisa baca berita mengenainya di:

    http://kosmo.vivanews.com/news/read/42749-produk_johnson___johnson_tak_sebabkan_kanker

  51. ummu musa April 22, 2009 at 6:26 am #

    assalamu’alaikum,saya mau tanya,apakah benar shampoo yang bermerk johnson’s dapat menyebabkan kanker?syukron

  52. cening April 14, 2009 at 6:13 am #

    gantinya bedak,pake baby cream/cream anti ruam popok bikin bayi tenang lho! terut

  53. Muce.Murtala April 8, 2009 at 6:44 am #

    thanks tips bayi. atas infonya . dan insya alloh berguan untuk para pembaca
    wasalam

  54. Gatot Kusbinuko March 1, 2009 at 3:33 pm #

    ok bagus banget nih infonya
    adakah artikel mengenai posisi memandikan bayi
    karena beberapa waktu lalu bayi saya terkena infeksi di telinga…
    atau mungkin kami kurang bersih dalammembersihkan telinganya kali ya…

  55. tipsbayi February 25, 2009 at 3:15 am #

    Novee:
    Perlu diingat:
    - Jangan menjadikan bedak sebagai alat pengganti untuk membersihkan kulit bayi dari sisa-sisa kencingnya.
    - Jangan memakaikan bedak tebal-tebal pada kulit bayi atau anak apalagi sampai menutupi atau menyumbat alat kelaminnya karena dapat menyebabkan terjadinyaa infeksi pada kelamin atau dan saluran kencingnya.
    - Jangan membiarkan anak bermain bedak sehingga terhirup atau termakan karena dapat menimbulkan efek-efek yang tak diinginkan bagi paru-paru atau pencernaannya.
    - Jangan melabur bedak pada kulit bayi atau anak yang sedang pecah atau luka sebab dapat menimbulkan reaksi granuloma.

  56. novee February 24, 2009 at 7:40 am #

    tks f u info.penggunaan bedak bayi di daerah kelamin boleh gak sih?

  57. rofi February 16, 2009 at 4:42 am #

    wah trnyata ngga sesulit yang dibayangin… thanks ya…!!!

  58. pariadi February 14, 2009 at 5:52 pm #

    THANKS bgt… Info “tipsbayi”
    saya ingin tau product-product untuk bayi yg mengandung zat berbahaya bila digunakan. trims

  59. danish February 6, 2009 at 2:25 am #

    Terima kasih atas referensi tambahan untuk kami para bapak2 yang sayang anak…

  60. Deny Ayu Anggraini February 5, 2009 at 9:12 am #

    Thx for information….. I’m realy happy to get it….

  61. Windri February 5, 2009 at 4:34 am #

    yup… its good attention
    good luck!

  62. mardho irama February 2, 2009 at 8:29 am #

    ok, thanks berat nih, udah di kasi ilmu

  63. hany February 2, 2009 at 1:53 am #

    thanks ya infonya sangat bermanfaat

Leave a Reply