Bikin Mainan Sendiri untuk Bayi Anda!

Bayi Anda berkembang dengan menyelidiki dan bereksplorasi. Tugas Andalah untuk menyediakan pengalaman serta sarana untuk merangsang perkembangannya! Nah, berikut ini beberapa jenis mainan mendidik yang dapat Anda buat sendiri di rumah dengan perlengkapan yang sederhana…

Buku Buatan Sendiri

Anda tahu kantong plastik yang mulutnya bisa ditutup? Nah, jika Anda memilikinya di rumah, maka Anda bisa menyulapnya menjadi buku menarik lho untuk bayi Anda!

Caranya:

  1. Kumpulkan beberapa lembar kantung plastik ini dan jahitkan bagian dasarnya menjadi satu (bukan mulut yang ada ritsleting plastiknya ya, tapi dasarnya!). Anda bisa melakukannya dengan jahitan tangan atau dengan mesin jahit.
  2. Gunting kardus bekas atau yang sejenisnya. Sesuaikan ukuran setiap lembar kardus tersebut agar bisa dimasukkan ke dalam tiap kantung plastik yang sudah terjahit tadi. Pastikan juga agar kantung bisa ditutup dengan baik setelah kardusnya dimasukkan.
  3. Anda bisa memilih gambar-gambar dari majalah bekas atau yang lainnya, lalu guntinglah serta tempelkan tiap gambar tersebut ke potongan kardus.
  4. Masukkan kardus-kardus bergambar ke dalam setiap kantung plastik.

Anda sudah memiliki buku unik yang mudah dibersihkan dengan lap basah dan bisa digonta-ganti gambarnya kapan pun Anda suka!

Balok Mainan

Anda sering membeli susu formula atau susu kotak untuk keluarga? Kalau ya, maka mulai sekarang Anda bisa mengumpulkan kotak bekasnya dan membuat blok mainan untuk bayi Anda!

Caranya:

  1. Kumpulkan kotak/dus bekas susu dengan berbagai macam ukuran.
  2. Bersihkan kotak-kotak tersebut dan isi bagian dalamnya dengan koran bekas.
  3. Tutup dan lem bagian yang terbuka.
  4. Bungkus setiap kotak dengan plastic wrap adesif, agar lebih awet dan mudah dibersihkan.

Dus-dus berisi koran bekas ini bisa digunakan oleh bayi Anda untuk membangun dan menyusun berbagai macam bentuk bangunan. Perbanyak koleksi dusnya agar lebih seru…

Puzzle Bentuk

  1. Kumpulkan berbagai barang bekas berukuran kecil seperti sendok, sisir, tutup botol dan lain-lain.
  2. Ambil kardus bekas berukuran agak besar.
  3. Susun berbagai benda tadi di atas kardus, jangan terlalu rapat.
  4. Gunakan spidol besar untuk menggambar bentuk setiap benda tadi di kardus.

Bantulah bayi Anda untuk mencocokkan berbagai benda tadi dengan bentuknya yang telah Anda gambar di atas kardus…

Ternyata mainan bayi tidak harus mahal bukan?

Tidak ada artikel yang berhubungan.

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

92 Responses to Bikin Mainan Sendiri untuk Bayi Anda!

  1. zulia November 21, 2013 at 6:41 am #

    plastik wrap adesif itu nyarinya dimana ya?? itu plastiknya seperti apa?

    • tips-bayi November 22, 2013 at 4:15 am #

      zulia

      Di supermarket supermarket biasanya juga ada Bun….

  2. zainun ni'am December 11, 2012 at 8:12 am #

    ada yang lain g……….

    • tips-bayi December 12, 2012 at 2:40 am #

      zainun ni’am

      Insya ALLAH…

  3. rickie September 15, 2012 at 6:43 am #

    thankss ia ..

    • tips-bayi September 20, 2012 at 7:07 am #

      @ rickie,

      Sama-sama…;-)

  4. rickie September 15, 2012 at 6:42 am #

    thankss

    • tips-bayi September 20, 2012 at 7:06 am #

      @ rickie,.

      Sama-sama…;-)

  5. yayuk May 16, 2012 at 5:41 am #

    Makasih banget atas infonya kebetulan besok libur dan aku memang hobby prakarya jadi aku bisa pratekkan.

    • tips-bayi May 16, 2012 at 6:19 am #

      @ yayuk,

      Sama sama.. Selamat berlibur .. ;-)

  6. good idea May 9, 2012 at 2:31 pm #

    good idea

  7. saepul April 12, 2012 at 4:52 am #

    mmba anak sya umur 6bulan kurang 2 mnggu dia lehernya blm kuat nyangga kpalanya gmn tuh???trus dia bru umur 5nulan bisa tengkurap..maksih mhon blsanny

    • tips-bayi April 19, 2012 at 2:36 am #

      @ saepul,

      Anda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. Jangankan dengan orang lain, kakak beradik juga tidak akan sama.. ;-)

      Sudah mulai tengkurap itu menandakan bayi Anda ada perkembangan meskipun sedikit lambat. Percaya deh.. nanti ketahuan ada juga perkembangan yang lebih cepat dari yang lain..

  8. Siti Hapshoh December 29, 2011 at 8:08 am #

    terimakasih infonya :)

  9. Siti Hapshoh December 29, 2011 at 7:50 am #

    Kereeeen, terimakasih buat tips-bayi…

  10. Anonymous December 15, 2011 at 1:06 pm #

    tips yg bagus dan ekonomis bagi keluarga yg sederhana, makasih banyak ……

    • tips-bayi December 22, 2011 at 2:46 am #

      @ Anonymous,

      Sama-sama..
      Selamat mencoba.. ;-)

  11. pipit September 25, 2011 at 1:44 pm #

    sangat jenius. krn sangat membantu

  12. sundari July 15, 2011 at 9:01 am #

    Tips
    Pls to respond my email on July 5th, tks

  13. sundari July 5, 2011 at 8:05 am #

    tips..

    kalo utk puzzle bayi usia brp ya uda bs main ?
    fathan dr usia 4 bln+ sudah diajari baca kartu pintar , dia suka dengerin & liat gambar2
    tp hanya sebentar + 5 menitan, kdg ga liatin kartunya, malah skrg suka ditarik2 kartunya sampe lecek2, kl spt itu apa dia nangkep ya yg saya ajarkan, tks

    • tipsbayi July 18, 2011 at 3:24 am #

      @ sundari,

      Maaf telat ya.. ;-)

      Puzzle sudah bisa dimainkan oleh anak berusia 10 bulan, tentunya dengan kepingan gambar (puzzle) yang sedikit dan tingkat kesulitannya lebih mudah. Untuk awal, kenalkan anak anda dengan puzzle sederhana yang terdiri dari sebuah keping saja, misalnya gambar ikan. Jadi si kecil hanya memasukkan satu buah kepingan gambar tersebut kedalam lubangnya. Makin tinggi usia anak, biasanya tingkat kesulitan lebih rumit. Dari yang hanya satu kepingan gambar, kemudian menjadi sebuah gambar yang dipotong menjadi 2, 3, 4 dan seterusnya. Semakin banyak gambar dan kepingan gambarnya, semakin tinggi tingkat kesulitannya.
      Yang perlu diperhatikan orang tua adalah kemampuan tiap anak berbeda. Biasanya anak yang sejak dini sudah dikenalkan dengan puzzle akan lebih mahir dan terbiasa bermain puzzle. Oleh karena itu, para orang tua yang akan memilih puzzle untuk anaknya, jangan berdasarkan umur, tetapi bergantung kepada kemampuan si buah hati. Umumnya, anak-anak yang kuat kemampuan visualnya, akan lebih mudah dan cepat menyelesaikan permainan ini..

      Dengan kebiasaan dan ketelatenan maka jerih payah Anda insya Allah akan ada hasilnya.. Kuncinya “sabar & jangan bosan..” ;-)

  14. meilya May 10, 2011 at 6:40 am #

    makasih buat idenya

  15. mama aqila May 7, 2011 at 11:14 am #

    Mo tny mom.. Kl maenan jumperoo mulai umur berapa ya? Tnx b4 infonya

  16. mama aqila May 7, 2011 at 11:10 am #

    Mo tny nih mom.. Mainan jumperoo u/ umur berapa ya? Tnx b4

    • tipsbayi July 18, 2011 at 3:31 am #

      @ mama aqila,

      Ketika bayi sudah bisa nyangga kepala, boleh.. Dan setiap bayi berbeda-beda, cuma rata-rata di bulan 3-4 dah bisa nyangga kepala sendiri… umumnya di bulan 4-5 baru lebih excited untuk lompat-lompatan di jumperoo… Amannya sih 6 bulan keatas.. ;-)

  17. Kiky November 15, 2010 at 5:29 am #

    Idenya bagus… makasih ya… ditunggu ide kreatif yg lainnya :)

  18. rahmat November 11, 2010 at 11:37 am #

    makasih ya info ny bermanfat sekali

  19. papa fey October 30, 2010 at 12:48 am #

    saya jg mau berbagi ide cara bikin mainan bayi yg murah & kreatif

    • tipsbayi November 4, 2010 at 1:29 am #

      @ papa fey,

      Boleh.. Kami tunggu lho.. ;-)

  20. rachmi October 10, 2010 at 3:06 am #

    bagus2….

    • tipsbayi October 11, 2010 at 1:34 am #

      @ rachmi,

      Terima kasih.. ;-)

  21. tipsbayi August 23, 2010 at 3:45 am #

    @ Mom Delv,

    Ha ha ha… memang begitulah tingkah bayi… :)
    Pengulangan memang penting, tapi perhatikan juga… kalau ia sudah bosan, bisa dialihkan ke permainan/pelajaran lain…

  22. Mom Delv August 22, 2010 at 2:55 pm #

    wah.. trims tips info nya.. pasti dicoba deh.. =)

    Delv skrg dah 9 bulan.. tiap dikasi mainan pasti dimasukkin mulut dulu.. kayanya sensor nya di mulut gitu haha..
    Kalau ajarin anak itu harus berulang2 trus menerus ya tips.. soalnya Delv klo disuruh masukkin & keluarin bola misalnya.. dia ambil bola nya, trus lgs masuk ke mulut deh =P kalau qta contohin.. kaya yg ga mudeng gt hehe.. malah perhatiannya ke mainan yg lain lagi.. dan pasti masuk mulut lagi ;) dikasi gigitan jg uda bosen.. pengennya gi2t brg baru :)
    Emang begitu ya tips.. kalo ngajarin anak hrs diulang trus walau dia seperti ga merhatiin kalo qta contohin..
    Trims b4 ya tips.. =)

  23. novri August 5, 2010 at 5:17 am #

    senang sekali bisa membaca artikelnya, saya ingin mendapatkan info lebih banyak mengingat baru punya baby satu dan baru 5,5 bulan

  24. ipeh July 27, 2010 at 3:27 am #

    kreatif….tidak harus mengandalkan mainan pabrik, dimana banyak berita mainan yang mengandung bahan berbahaya……

  25. Dwi June 20, 2010 at 3:53 am #

    mau coba ah, buat menyambut kelahiran bayiku… mkacih y…

  26. lina March 29, 2010 at 11:41 am #

    thanx info nya..bermanfaat sekali. sy tertarik untuk membuatnya.

  27. Candra March 19, 2010 at 9:16 am #

    Oke deh… murah meriah.. bener2 kita hrs kreatif…

  28. veriana March 19, 2010 at 12:10 am #

    Wah boleh juga tuh idenya jd ga permu mahal ya buat mainan anak

  29. asep March 5, 2010 at 8:13 am #

    thanks ya,tipsnya sangat bermanfaat

  30. Patty February 6, 2010 at 11:19 am #

    Good Idea… (bermanfaat n ekonomis)
    Ntar di coba deh, thx informasinya.

  31. tuti January 15, 2010 at 8:18 am #

    Tips bayi oks banget nih ilmunya, maju terus buat tips bayi

  32. Anonymous January 11, 2010 at 3:18 pm #

    bikin buku nyua doakj

  33. Umi Fathi December 12, 2009 at 1:50 am #

    wah..t’nyata bagus jg idenya…
    ntar dipraktekkan deh…..
    makasih ya Tips…. :)

  34. winni December 10, 2009 at 8:14 am #

    thank’s a lot bwt info nya… n I would like to try this….

  35. lina December 8, 2009 at 3:57 am #

    woooow ide yang bagus,,, saya memang lagi mikirin mo dijadiin apa tuh dus dus bekas susu sama biskuit dll… terima kasih idenya ya……..

  36. ucok December 2, 2009 at 3:44 am #

    bagus.. tp tlg tampilkan hsl akhr gambar mainan menjadi bentuk apa??

  37. tipsbayi November 30, 2009 at 3:33 am #

    Lastuti Babiestherapy:

    Benar ..Informasi yang bagus.., terima kasih.. ;-)

  38. Lastuti Babiestherapy November 28, 2009 at 8:10 am #

    Mainan untuk bayi yang bisa merangsang sistem motorik dan sistem sensoriknya adalah permainan balok kotak dengan beberapa warna yang kontras.

  39. wienca November 24, 2009 at 9:33 am #

    wew.. ok juga tuh idenya…. aku mw coba ah buat nazam, ternyata pintar itu ga harus beli yh…
    makasih tipsbayi…. lop u pulll

  40. Bunda Zheya October 22, 2009 at 5:17 pm #

    Makasih tips,membuat mainan sendiri,sangat mendukung go green to earth..

  41. ade October 14, 2009 at 1:59 pm #

    Bagus banget,………..! ide kreatifnya. Selain murah bahanya, aman di pake, dan mudah untuk membuatnya. coba akh,……..

  42. Ms. Bonita October 13, 2009 at 1:13 pm #

    Bagus sekali…hemat dan berkualitas

  43. Anonymous October 10, 2009 at 9:27 am #

    Terima kasih tipsnya, tapi kalo bisa ada gambar contohnya ya

  44. tipsbayi October 7, 2009 at 2:34 am #

    Trias :

    Karakter setiap bayi pasti berbeda, faktor genetik besar sekali pengaruhnya tentusaja lingkunganpun ikut mempengaruhi.. :-)

    Bayi seumuran bayi Anda memang lagi seneng-senengnya bereksplorasi dengan kemampuannya dan barang yang ada disekitarnya, sepertinya bayi Anda mempunyai karakter sensitif dan mudah ngambek.. :-) , jadi cobalah lebih sabar. Akan membantu kalau Anda memberikan bayi Anda masa transisi di antara berbagai kegiatannya. Jangan biarkan bayi Anda menyentuh mainan atau benda apapun bila Anda tidak akan memberikannya, disiplinlah pada rutinitas yang menenangkan.

    Hindari mainan-mainan yang agak susah diutak-atik, hindari juga beranjak dari permainan atau situasi yang asyik dan menyenangkan secara tiba-tiba, usahakan perubahan dari suatu rutinitas secara bertahap.

    Dan ingat… anak kita meniru kita lho…, hati-hati Anda harus menjadi MODEL yang baik.. ;-)

  45. Trias October 5, 2009 at 7:21 am #

    Tips, bayiku kurang 1 minggu usianya sdh 7 bulan, apabila bermain dia sering sekali bosen (apa mmg gitu ya bayi? , kdg dia marah dan nangis saat asyik dg satu mainan tertentu yg tdk sesuai dg keinginannya. Apa mainan tsb hrs diganti dg mainan lain? tq

  46. ella September 30, 2009 at 2:09 am #

    wah…boleh nih tipsnya buat bayi saya ntar kalo dah lahiran :)

  47. g.amrin September 24, 2009 at 8:20 am #

    terimakasih atas infonya kalau bisa lebih di tingkatkan lagi ide kreatifnya

  48. kyu's mom September 18, 2009 at 7:28 am #

    wah seneng banget dapet tips bikin mainan, kreatif banget & buatnya jg sederhana terima kasih…

  49. tipsbayi September 18, 2009 at 3:30 am #

    Jenis permainan untuk bayi yang sesuai dengan perkembangan usianya untuk melatih syaraf motorik dan sensorik … ini ide bagus, terima kasih atas idenya mudah-mudahan dalam waktu dekat kami bisa segera menyusunnya :-)

  50. vina September 17, 2009 at 12:20 am #

    Thanks yach atas infonya, bagus n kreatif banget.

  51. Wawan Aryan Khan September 14, 2009 at 9:16 am #

    Makasih Banyak Atas ide2nya.
    smoga tipsbayi.com makin jaya,dan makin punya ide2 cemerlang.

  52. abi reza September 11, 2009 at 4:09 am #

    bagus, kratif bisa lebih berhemat juga. syukron khatsir

  53. ummu faiz September 10, 2009 at 2:26 am #

    keren …
    patut dicoba

    terima kasih

  54. Opie September 9, 2009 at 6:52 pm #

    Ok tuh bisa membuat anak kreatif juga……

  55. vita September 9, 2009 at 6:25 am #

    waduh boleh juga tuh di coba thanks ya info nya

  56. irad September 8, 2009 at 8:09 am #

    bagus banget idenya

  57. ibnu September 8, 2009 at 6:43 am #

    Oke deh ide bagus tu,,, Thanks ya…

  58. Lisbeth September 8, 2009 at 5:57 am #

    wah seru bgt tuch…
    bs mkn dekat sm anak ku dech…

  59. anit September 8, 2009 at 5:08 am #

    kreatif banget idenya, untuk anak usia 7 bulan udah bisa ya? mks tips bayi

  60. ilmul_kh September 7, 2009 at 1:39 pm #

    Terima kasih atas infonya…dengan sedikit kreatif ternyata byk juga permainan utk anak yg murah meriah bisa dibuat

  61. nelly September 7, 2009 at 8:42 am #

    boleh jg tuh idenya, ga nyangka ya ternyata diseliling kita byk bgt hal2 yang bisa dijadikan mainan u/ anak kita… tq yah ide kreatifnya.. :)

  62. abi September 7, 2009 at 7:51 am #

    Makasih ya..
    mang lebih baik buatan sendiri…seru
    dan selalu ada historynya..makasih sekali lagi

  63. umi September 7, 2009 at 7:39 am #

    bagus..bagus..bagus,,
    bisa lbh irit nih..thx ya..info lainnya ditunggu,ok

  64. imam September 7, 2009 at 7:05 am #

    karya yang kreatif juga…mungkin bisa ditambahkan variasi yang lain…trims

  65. Agus Shr September 7, 2009 at 5:56 am #

    saran dan idenya bagus… dan tidak membosankan. kalau bisa ditampilkan dengan gambarnya … trimakasih

  66. rai febrian September 7, 2009 at 4:14 am #

    makasih atas ide kreatifnya…

  67. rai febrian September 7, 2009 at 4:13 am #

    makasih atas ireatifnyade k

  68. ani September 7, 2009 at 3:18 am #

    terima kasih idenya

  69. Rz Anuraga September 7, 2009 at 2:35 am #

    Ide kecil tapi besar manfaatnya……
    makasih info idenya…

  70. Diti September 7, 2009 at 2:21 am #

    te op be ge te……

  71. rama September 7, 2009 at 1:21 am #

    Idenya kreatif…..
    Terima kasih buat idenya….

  72. Anonymous September 6, 2009 at 3:39 pm #

    bagus..mungkin bisa berikan cara yoga dan senam bayi dgn step by step yg jelas

  73. susi September 6, 2009 at 4:11 am #

    wahhh bagus ya idenya… sama dengan daur ulang barang2 bekas selain murah bermanfaat lagi! Thx ya

  74. hafid September 6, 2009 at 3:49 am #

    harus kreatif… sip dech…

  75. Mamajordan September 6, 2009 at 2:20 am #

    Makasih atas infonya!!

Leave a Reply