Bepergian Membawa Bayi Berusia di Bawah 1 Tahun?

Jika Anda berencana untuk pulang kampung atau bepergian membawa bayi, simak beberapa tips untuk menjadikan perjalanan Anda dan si kecil aman serta nyaman…

Bayi yang baru lahir tentu sangat memerlukan perhatian terus menerus dari Anda, sehingga tidak dianjurkan untuk membawanya bepergian jauh.

Namun demikian, jika bayi Anda sudah berusia lebih dari 3 bulan, Anda bisa lebih tenang membawanya dalam perjalanan jauh. Selain kondisi fisiknya yang sudah lebih stabil, pada usia ini bayi Anda tidak akan merasa terganggu dengan berbagai kondisi perjalanan.

Tips Dalam Kendaraan

Jika Anda menggunakan pesawat terbang, sebaiknya Anda menyusui bayi Anda pada saat lepas landas maupun mendarat. Jika ia tertidur pada kedua waktu tersebut, tempelkan saja mulutnya ke payudara Anda.

Jika Anda bepergian dengan mobil, selalulah meletakkan bayi Anda di baby car seat (jok khusus bayi) yang diletakkan di belakang jok supir dengan menghadap ke belakang.

Dalam mobil, jangan meletakkan baby car seat di jok depan, walaupun mobil tersebut dilengkapi dengan kantung udara. Pastikan pula bahwa baby car seat terpasang dengan sempurna dan benar.

Apa Saja yang Harus Anda Bawa?

Berikut beberapa masukan mengenai perlengkapan yang sebaiknya Anda bawa serta. Sebagian merupakan keharusan dan sebagian lagi tergantung kepada jenis dan jauhnya perjalanan Anda…

  1. Krim untuk ruam popok.
  2. Tas atau kantong plastik untuk popok kotor.
  3. Popok bersih secukupnya.
  4. Parasetamol untuk bayi.
  5. Topi pelindung matahari.
  6. Krem pelindung matahari untuk bayi.
  7. Pelindung kaca jendela.
  8. Susu formula (jika Anda bukan ibu menyusui).
  9. Botol berisi air matang.
  10. Makanan bayi.
  11. Celemek makan plastik untuk bayi.
  12. Selimut bayi.
  13. Tempat tidur bayi.
  14. Perlak gendong dan perlak besar.
  15. Pakaian bayi yang mudah menyerap keringat.
  16. Minyak telon.
  17. Tisu basah.
  18. Sabun, shampoo dan bedak bayi.
  19. Jaket bayi.
  20. Kantong muntah.
  21. Lotion anti nyamuk untuk bayi.
  22. Tas mainan.
  23. Kumpulan mainan bayi.
  24. Ransel gendongan bayi untuk yang belum bisa duduk.
  25. Kereta dorong buggy untuk yang sudah bisa duduk.

Pertimbangkan pula untuk membawa pencegah kolik, tetes hidung serta jel tumbuh gigi jika bayi Anda sedang dalam masa pertumbuhan gigi.

Tips Lain

Hindarkan bayi Anda dari sengatan langsung matahari, terutama antara jam 11.00 – 15.00.

Usahakan untuk membatasi aktivitas perjalanan Anda. Walaupun suasana baru dalam perjalanan bisa menyenangkan untuk bayi Anda, namun ia pun akan cepat lelah. Sebaiknya 1 tujuan perjalanan per hari sudah cukup.

Jauhi tempat-tempat yang padat sebisa mungkin. Bayi Anda akan mudah gelisah pada suasana yang padat dan hiruk pikuk.

Jika Anda menggunakan mobil pribadi, ada baiknya Anda berhenti untuk beristirahat secara berkala. Keluarkan mainan bayi Anda dan bersenang-senanglah dengannya untuk sementara waktu.

Jangan lupa untuk mempersiapkan obat-obatan yang diresepkan dokter untuk bayi Anda, jika ia memang sedang dalam pengobatan atau menderita penyakit tertentu.

Persiapkan semua perlengkapan untuk bayi Anda jauh hari sebelum keberangkatan.

Selamat Bepergian :)

Tidak ada artikel yang berhubungan.

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

255 Responses to Bepergian Membawa Bayi Berusia di Bawah 1 Tahun?

  1. nana June 7, 2014 at 5:37 am #

    Baby sy umur 2bln bayi premature kondisi sehat , rencana mau pindah tempat naik pesawat perjalanan 1jm10menit terbang. Apa Bisa bayi premature dlm kondisi sehat melakukan perjalanan ddgn pesawat terbang?

    • tips-bayi June 19, 2014 at 9:49 am #

      nana,

      Jika melihat usianya, meskipun bayi Anda lahir prematur, bayi Anda dalam keadaan sehat, maka boleh saja Anda membawa bayi Anda menggunakan pesawat.. Akan tetapi lebih bagus lagi jika sudah berusia 3 bulan.. ;)
      Sebaiknya Bunda periksakan ke DSA dan tanyakan kondisi saat ini sudahkan bisa dibawa pergi jauh dengan pesawat..

  2. bunda arka May 2, 2014 at 1:24 pm #

    Hy slam knal,mw tanya nich anakku mau msuk usia 4blan tp mw saya ajak jalan jalan ke pasar tradisional sma papanya pake motor jraknya hnya mnmpuh prjlnn stengah jam apa tidak berbhaya buat bayi saya dan apa saja tips supaya anak tidak mudah msuk angin smntara anak saya cpet keringetan nggak bisa pake baju yang tebal aplagi jaket.

    • tips-bayi May 14, 2014 at 1:36 pm #

      bunda arka,

      Untuk menghindari resiko jelek yang Anda takutkan maka Anda perlu pilih-pilih tempat yang akan Anda jadikan kunjungan. Pilih tempat yang kira-kira nyaman, hindari terik matahari berlebihan, hindari keramaian yang akan membuat anak Anda tidak nyaman.. ;-)

      Dan juga perlu hati-hati jika membawa bayi dengan mengendarai motor, apalagi untuk jarak jauh… Perhatikan keamanan dan kecepatan perjalanannya, posisi paling bagus ketika membawa bayi naik motor adalah posisi duduk berhadapan dengan Anda.

    • dewi July 11, 2014 at 3:48 am #

      Bunda ikhsan

      Sya mau bawa bayi sya umur satu thun lebih,,tp bwa motor u/pulang ke cirebon,,bgmna tips agar anak sya ga mudah rewel,,di perjalan,,sya takut masuk angin,,krna perjalanan sngt jauh bngt..

  3. gentha April 9, 2014 at 1:25 pm #

    Dear admin,

    mau tanya donk, apakah berbahay membawa bayi yg baru lahir berpergian jauh? karena rencannya habis lahiran nanti, insyaallah begitu dd bayi lahir mau dibawa kerumah neneknya disukabumi, perjalanan dr bogor ditempuh 3-5 jam.

    • tips-bayi April 23, 2014 at 6:36 am #

      gentha,

      Bogor – Sukabumi masih terhitung dekat Bun.. meskipun demikian, kerena bayi Bunda baru lahir maka sebaiknya Bunda konsultasi dan periksakan dulu pada dokter atau bidan yang menangani, apakah kondisinya cukup kuat untuk dibawa pergi.

      Jika hasil pemeriksaan dokter bayi sudah stabil untuk dibawa pergi, maka untuk perjalanan jauh Anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Perhatikan kenyamanan bayi Anda, bepergian pada malam hari akan lebih tenang untuk bayi. Akan tetapi untuk bayi Anda, seumuran itu kondisi fisiknya belum stabil masih ada kemungkinan terganggu dengan berbagai kondisi perjalanan, jadi selain Anda ikuti tips-tips diatas Anda juga harus selalu memperhatikan KENYAMANAN bayi Anda dalam perjalanan.. :-)

      AC mobil dapat digunakan dengan suhu antara 25-26 derajat celcius.., hindarkan barang-barang yang berbau menyengat dalam ruangan ber-AC, perhatikan selalu suhu ruangan mobil, perubahan yang drastis sangat berbahaya. Karena suhu yang tinggi, proporsi air yang hilang dibandingkan berat tubuh pada bayi, lebih besar daripada orang dewasa.

      Selama di perjalanan menggunakan apapun, akan lebih baik jika si bayi tetap berada dalam pangkuan atau dekapan Anda. Selain akan memberinya rasa hangat, secara psikologis bayi Anda akan merasa aman dan terlindungi. Ia merasa tenteram dalam kasih sayang ibu. Jangan taruh bayi di keranjang atau diberikan pada babysitter. Tapi perlakukan bayi Anda senormal dan sealami mungkin bahwa Anda memberikan kasih sayang pada anak.. ;-)

  4. fitriM March 21, 2014 at 7:00 pm #

    Dear tips baby..
    salam kenal saya bunda nadin..
    Pertama2 saya merekomendasikan ibu2 untuk membeli ebook 12 thun pertama kehidupan.. sgt bguna
    yg kedua saya memiliki beberapa pertanyaan

    1. Anak saya 5 bulan bb 9kilo panjang 70cm.. ayah tinggi 183. Bb 100kg. Bunda tb 160 bb 78kg.. anak saya sepertinya agak gemuk.. tp dilihat dr keturunan.. perbandingan tb n bb gmn? Apa yg hrs saya lakukan?

    2. Umur brp anak bs nonton dibioskop?

    3.untuk membawa anak naik pesawat bila diberi empeng apakah tidak membuat anak bingung puting nantinya?

    Terima kasih

    • tips-bayi April 1, 2014 at 8:06 am #

      fitriM,

      Salam kenal kembali..

      1. Memang BB dan TB Nadin termasuk ideal untuk usia 9 bulan. Akan tetapi perbandingan BB dan TB nya ideal.. jadi bukan gemuk tapi tinggi besar.. keturunan berpengaruh Bun.. ;) NORMAL saja kok Bun..

      2. Anak pada usia sekolah, itu pun harus dengan pengawasan dan didampingi orang tua.. :)

      3. Untuk waktu yang singkat insya Alloh tidak akan jadi bingung puting Bun..

  5. lid March 21, 2014 at 10:44 am #

    Dear tips bayi,
    Anak saya prematur dgn perkembangan yang baik, umur skrg 5 minggu..apakah aman melakukan perjalanan udara..krn sy hrs pindah keluar kota krn dimutasi dr kntor..
    terima kasih

    • tips-bayi April 1, 2014 at 7:49 am #

      lid,

      Jika melihat usianya, meskipun bayi Anda lahir prematur, bayi Anda dalam keadaan sehat, maka boleh saja Anda membawa bayi Anda menggunakan pesawat.. Akan tetapi lebih bagus lagi jika sudah berusia 3 bulan.. ;)
      Sebaiknya Bunda periksakan ke DSA dan tanyakan kondisi saat ini sudahkan bisa dibawa pergi jauh dengan pesawat..

  6. cintaniati January 22, 2014 at 9:52 am #

    Dear Tips Bayi,
    Sebenarnya apakah aman melakukan perjalanan dengan bayi setiap hari? Saya memiliki rencana menitipkan bayi saya ke baby day care yang terletak dekat dengan kantor. Pertimbangannya, agar saya bisa menengok minimal pada jam istirahat, atau waktu-waktu kosong. Apabila tidak dianjurkan menggunakan motor, apakah perjalanan dengan mobil sudah cukup aman? Lalu berapa lama maksimal waktu perjalanan? Apakah aman jika berangkat pukul 05.30, pulang pukul 18.00. Kira-kira umur berapa bayi bisa diajak perjalanan seperti tersebut?
    Terima kasih :)

    • tips-bayi February 5, 2014 at 2:25 am #

      cintaniati,

      Jika bayi Bunda sudah lewat masa ASI eksklusif yaitu usia lebih dari 6 bulan, bayi Bunda akan lebih siap. Buatlah suasana nyaman dalam perjalanan, selalulah ada dalam dekapan Bunda. Pesanlah pada pengasuh, untuk memberikan makan dan minum ASI perah sesuai jadwal begitu juga dengan pola tidur yang teratur.. ;)

  7. Rizki December 20, 2013 at 9:28 am #

    Dear tipsbayi,

    Saya mau tanya. Anak saya umur 8 bulan dan baru 1 minggu yg lalu sakit typus. apakah akhir bulan ini boleh saya ajak keluar kota?
    Terima kasih atas penjelasannya.

    • tips-bayi January 7, 2014 at 2:34 am #

      Rizki,

      Baru satu minggu lalu ya..? Sebaiknya jangan dulu terlalu capek Bun.. Akan tetapi, bagus juga kalau Bunda periksakan ke DSA dan tanyakan kondisi saat ini sudahkan bisa dibawa pergi jauh..

  8. Ari tinal November 13, 2013 at 7:50 am #

    Dear tips baby,,baby aku bulan depan 10 bulan,,insya allah ini akan jd perjalanan pertamanya ke rumah neneknya di amerika,,kita semua sangat menantikan momen ini dari semenjak ia lahir!!

    Aku mau tanya apakah boleh sama petugas membawa makanan dan minuman dari rumah selama pemeriksaan paspor dll?

    Dan apa boleh membawa dorongan baby ke pesawat?

    • tips-bayi November 18, 2013 at 3:11 am #

      Ari tinal,

      Susu dan makanan bayi dibolehkan dibawa dalam pesawat Bun.. Untuk dorongan baby masuk bagasi pesawat. Biasanya bagasi kabin utama besarnya harus tidak melebihi ukuran 56cmx36cmx23cm dan beratnya tidak lebih dari 7kg. Bagasi ini harus muat untuk ditaruh di bawah kursi di depan Anda atau di kompartemen atas.. ;)

  9. Endang November 2, 2013 at 5:56 am #

    Dear tipsbayi..
    Bayi saya berusia 1 tahun 2 bulan, rencananya akan dibawa perjalan ke luar kota ( SUMBAR- SOLO) yang akan memakan waktu perjalanan selama 3 hari menggunakan mobil pribadi, apakah bayi umur segitu bisa dibawa atau tidak? yang saya kwatirkan adalah kondisi bayi selama di dalam mobil, takutnya tidak sanggup stamina si bayi selama di dalam mobil selam 3 hari 3 malam..sekian terima kasih

    • tips-bayi November 6, 2013 at 4:33 am #

      Endang,

      Insya Alloh jika kondisi bayi Bunda sehat.. bisa dibawa Bun.. Selain persiapan di atas, juga Bunda perlu memperhatikan untuk sering beristirahat keluar dari mobil, buatlah suasana nyaman dalam perjalanan, selalulah ada dalam dekapan Bunda.. Bagus jika sebelum pergi, Bunda periksakan dulu ke DSA agar kita mengetahui staminanya..

      Selamat menikmati perjalanan beserta keluarga.. ;)

  10. Anonymous October 11, 2013 at 2:00 am #

    Dear tips baby #
    saya mw tanya.. Byi sya skrg usia 1 thn, mw saya ajak kerja. Perjalanan dr rmah 1 jm smpe dtmpat krja. Dg sPda m0t0r. Dn rencnax dy sya gend0ng dg gend0ngan kantUng dpan (kangguru). ItU brgkat stgah 6 dn pulg jm 4.M0hoN infonya .. Ini penting bwt saya.

    • tips-bayi October 16, 2013 at 3:33 am #

      Anonymous,

      Hmm.. 1 jam jauh juga tuh ya.. Berangkat pagi sekali ya.. Pulang sore..
      Memang terlalu beriesiko Bun.. Jika setiap hari pergi pagi sekali hembusan udara begitu dingin kurang baik untuk bayi Anda.. Kalau hanya sekali-kali saja insya Alloh tidak apa-apa dengan digendong menghadap ke bunda di depan..

      Solusi, bayi Anda tetap dirumah atau ke tempat kerja menggunakan taksi atau mobil jemputan.. ;)

  11. mubarok October 2, 2013 at 3:54 am #

    Mau tanya? boleh kah bayi umur 2 bulan naik kereta api?trims kalo boleh apa saja yg harus disiapkan??

    • mubarok October 2, 2013 at 3:55 am #

      Mau tanya? boleh kah bayi umur 2 bulan naik kereta api selama +- 13 jam?trims kalo boleh apa saja yg harus disiapkan??

    • tips-bayi October 4, 2013 at 6:50 am #

      mubarok,

      Untuk saat ini memang fasilitas dan keadaan kereta api sudah cukup bagus, tapi meskipun demikian sebaiknya sebelum bepergian pastikan kesehatan bayi Anda oke, bisa periksakan dulu ke bidan.. ;)

      Perjalanan 13 jam bukan waktu sebentar untuk bayi.. Maka selain tips-tips persiapan diatas, yang terpenting perhatikan selalu kenyamanannya, selalulah didekap oleh Bundanya.

      Berikut tips membawa bayi ketika berada di dalam pesawat.

      1. Tetap tenang
      Stay Cool atau berusaha tenang dalam kondisi apapun. Orang tua yang stres akan berpengaruh pada bayi. Meski belum bisa bicara dengan jelas, bayi bisa merasakan kondisi psikis orang tuanya, dan membuat bayi menjadi rewel.

      2. Pilih rute langsung
      Jika tujuan Anda jauh, pilihlah rute yang meminimalisasi transit, sebab, terlalu lama menunggu dan ganti kendaraan akan menyebabkan bayi dan orang tuanya stres.

      3. Jangan buat bayi terlalu kenyang
      Bayi yang terlalu penuh isi perutnya, banyak aktivitas metabolisme selama perjalanan. Akibatnya, bayi bisa mengalami mabuk. Makan dan minumlah secukupnya. ASI adalah makanan terbaiknya.

      Hal ini penting dilakukan untuk menjaga bayi tetap aman dari sakit telinga saat perjalanan. Memberi dot atau mainan untuk digigit juga bisa mengalihkan perhatian bayi dari kebisingan kereta. Jika bayi nampak terganggu dan gelisah dalam perjalanan, gendong bayi sambil berjalan-jalan dekat di lorong kereta beberapa saat ketika berhenti. Kunci agar bayi tetap nyaman dan tidak rewel saat di perjalanan adalah tidak membiarkannya kelaparan dan memastikan keamanannya.

      4. Pastikan kondisi bayi bersih dan nyaman
      Jangan biarkan popok bayi penuh. Jika memang sudah waktunya untuk ganti popok, maka segera diganti. Paling bagus ganti pakaian dan popok bayi sebelum kereta berjalan agar bayi tetap nyaman.

      5. Susui atau berikan empeng untuk menghindari tekanan udara di telinga (pengang).
      6. Hindari semburan AC secara langsung. Minta selimut atau bantal tambahan jika perlu. Bawa mainan.
      7. Tidak terburu-buru keluar pesawat untuk menghindari desakan.
      8. Tidak lupa membaca doa perjalanan ketika naik kendaraan.. ;-)

    • liana October 6, 2013 at 3:37 am #

      Assmlkm..
      Dear admin,
      Mau tanya.anak saya prematur.umur 4bulan mau saya bawa pergi ke surabaya naik pesawat.apa boleh bayi prematur 4bln naik peswat ? Pengaruh nggak sama jantungnya ?
      Mohon infonya..

      • tips-bayi October 7, 2013 at 7:02 am #

        liana,

        Wa’alaikumussalam,

        Meskipun bayi Anda lahir prematur, jika bayi Anda sudah berusia 4 bulan dan dalam keadaan sehat, maka boleh saja Anda bawa bayi Anda menggunakan pesawat.. ;)

  12. Tantri September 30, 2013 at 4:27 am #

    Dear tips bayi,

    Baby sy usia 7mnggu, rencana mau sy ajak k jkt dr madiun by kereta api. Minta pencerahan, apakah aman? Rencana sy mau naik gajayana tp baby sy tdk kuat dingin+sy rada parno klo dy rewel dikereta shga mengganggu yg lain.
    Mohon dibantu, tq

    • tips-bayi October 3, 2013 at 7:11 am #

      Tantri,

      Selain mengikuti tips dan persiapan diatas.. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan bayi Bunda dalam keadaan sehat dan fit. Untuk memastikannya periksakan pada bidan atau dokter terdekat. Selama perjalanan tetaplah dekap bayi dipangkuan Bundanya, buatlah suasana yang nyaman selama perjalanan,. Penting..! Susui dengan ASI, karena ASI tidak akan basi dan dengan menyusu langsung pada payudara akan mengurangi stress dan kedinginan .. ;-)

      Selamat menikmati perjalanan..

  13. Anonymous September 30, 2013 at 1:31 am #

    selamat pagi,
    mau tanya, apakah bayi usia 3 bulan boleh naik kapal perahu motor dari jakarta ke pulau seribu. terima kasih

    • tips-bayi October 2, 2013 at 9:12 am #

      Anonymous,

      Sore,

      Bayi Anda sudah berusia 3 bulan, insya Alloh sudah cukup stabil.. Boleh Anda bawa, perhatikan saja tips-tips diatas ya.. ;)

  14. Indri September 29, 2013 at 10:36 am #

    Dear admin,
    Bolehkah bayi usia 1 minggu dibawa naik kereta dari Jakarta ke Cirebon? Sekitar 2-3 jam.
    Makasih jawabannya.

    • tips-bayi October 2, 2013 at 9:09 am #

      Indri,

      Untuk saat ini memang fasilitas dan keadaan kereta api sudah cukup bagus, tapi meskipun demikian perlu dipertimbangkan karena bayi Bunda baru berusia 1 minggu.. Kalaupun harus, silahkan sebelumnya untuk diperiksakan dulu kondisinya pada bidan atau dokter terdekat..

  15. Torry August 19, 2013 at 6:09 pm #

    Assallamuallaikum tips bayi…
    Saya mau nanya,bayi saya baru 3 minggu lebih.krna ada urusan yg sangat penting,saya harus membawa bayi saya pulang kampung.naik bisa perjalanannya kira-kira 1 hari 1 malam.
    Sbnrnya saya takut dan cemas,tp krna demi orang tua,saya harus pergi.tolong tipsnya…..

    • tips-bayi August 21, 2013 at 8:15 am #

      Torry,

      Wa’alaikumussalam..

      Pulang kampung naik apa ya..? Naik bis..?
      Hmm.. Untuk memecahkan ketakutan dan kecemasan Anda.. Bisa Anda konsultasi dan periksakan bayi Anda ke DSA terlebih dahulu, agar Anda bisa pergi dengan yakin..

      Jika ternyata Anda jadi pergi dengan buah hati Anda, berikan selalu kenyamanan dalam pelukan Bundanya dan ikuti tips-tips pada artikel di atas..

      Selamat menikmati perjalanan dan semoga selamat sampai tujuan.. :-)

  16. Mamma Afra August 12, 2013 at 6:22 pm #

    Dear tipsbayi,
    bulan Desember besok kami akan mengajak Afra (11 bulan pd bln Desember) utk melakukan perjalanan dengan mobil dari Madiun ke Jogjakarta (4-5 jam), kemudian Jogjakarta – Jakarta – Jerman – Oslo (Norwegia) – Alesund semua dengan pesawat total sekitar 30 jam, plus 2 jam lagi dengan mobil dan 2x ferry. Itu akan menjadi long trip-nya yang pertama dan di musim dingin.
    Afra masih ASI dan MPASI (home made).
    Mohon tips-nya, berkaitan dengan persiapan dan selama perjalanan, supaya Afra bisa menikmati (tidak rewel, tetap sehat). Apakah kami sebaiknya berhenti dan bermalam di Jakarta dulu untuk mengumpulkan tenaga?
    Terima kasih atas bantuannya. Salam.

    • tips-bayi August 13, 2013 at 3:53 am #

      Mamma Afra,

      PERSIAPAN:
      Melakukan pemesanan tiket jauh-jauh hari dan memastikan kursi tersendiri untuk bayi merupakan salah satu hal yang penting.
      Menanyakan ada tidaknya paket pengaturan kursi khusus untuk orangtua bersama bayi pada maskapai penerbangan bisa jadi salah satu alternatif. Bila maskapai penerbangan menyediakannya, pilihlah paket tersebut. Sebagian besar orang menyatakan bahwa waktu terbaik naik pesawat dengan bayi adalah malam hari.

      Pilihlah kursi bagian depan karena kursi bagian belakang cenderung bising akibat suara mesin pesawat. Kursi bagian depan juga memiliki ruang lebih luas untuk kaki sehingga memberikan kenyamanan bagi Anda dan bayi.

      Bila jarak perjalanan yang ditempuh cukup jauh, disarankan memesan kursi khusus bayi yang biasanya hanya setengah harga dari tiket biasa. Bahkan jika diperlukan, Anda bisa pula membawa car seat agar lebih memudahkan saat pesawat lepas landas atau mendarat.

      Periksa ulang ke agen perjalanan atau maskapai penerbangan mengenai semua permintaan yang Anda pesan.

      Bawa tas khusus untuk di kabin, bisa ransel atau apa saja. Untuk menjaga adanya penundaan pesawat, masukan baju ganti, pampers, tisu basah, selimut dan makanan.
      Tiba di bandara, ajak bayi bermain agar merasa lelah, sehingga di pesawat bayi cepat tidur.

      Selain goncangan dan gangguan telinga ketika terjadi perbedaan tekanan udara, kenyamanan bayi adalah yang paling penting. Berikut tips membawa bayi ketika berada di dalam pesawat.

      1. Tetap tenang
      Stay Cool atau berusaha tenang dalam kondisi apapun. Orang tua yang stres akan berpengaruh pada bayi. Meski belum bisa bicara dengan jelas, bayi bisa merasakan kondisi psikis orang tuanya, dan membuat bayi menjadi rewel.

      2. Pilih rute langsung
      Jika tujuan Anda jauh, pilihlah rute yang meminimalisasi transit atau transfer pesawat. Sebab, terlalu lama menunggu dan ganti pesawat akan menyebabkan bayi dan orang tuanya stres.

      3. Jangan buat bayi terlalu kenyang
      Bayi yang terlalu penuh isi perutnya, banyak aktivitas metabolisme selama perjalanan. Akibatnya, bayi bisa mengalami mabuk di udara. Makan dan minumlah secukupnya. ASI adalah makanan terbaiknya. Beri susu atau beri makan bayi sebelum lepas landas dan setelah mendarat.

      Hal ini penting dilakukan untuk menjaga bayi tetap aman dari sakit telinga saat terbang. Memberi dot atau mainan untuk digigit juga bisa mengalihkan perhatian bayi dari kebisingan pesawat saat lepas landas. Jika bayi nampak terganggu dan gelisah setelah tinggal landas (take off), gendong bayi sambil berjalan-jalan di lorong pesawat beberapa saat. Kunci agar bayi tetap nyaman dan tidak rewel saat di pesawat adalah tidak membiarkannya kelaparan dan memastikan keamanannya.

      4. Pastikan kondisi bayi bersih dan nyaman
      Jangan biarkan popok bayi penuh. Di toilet pesawat, biasanya tersedia bagian untuk bayi. Jika memang sudah waktunya untuk ganti popok, maka segera diganti. Paling bagus ganti pakaian dan popok bayi sebelum naik pesawat agar bayi tetap nyaman. Disarankan pula untuk naik penerbangan non-stop supaya bayi tidak terlalu sering terganggu.

      5. Susui atau berikan empeng untuk menghindari tekanan udara di telinga (pengang). Jika bawa ASI dalam botol, bawalah maximal 100 ml. Izin kepada awak pesawat untuk duduk sementara di kursi, jika mau menyusui. Sediakan makanan tambahan untuk berjaga-jaga jika jadwal penerbangan ditunda. Selain susu formula, Anda bisa pula membawa makanan buatan sendiri untuk si kecil.
      6. Hindari semburan AC secara langsung. Minta selimut atau bantal tambahan jika perlu. Bawa mainan.
      7. Jika bayi nampak terganggu dan gelisah setelah tinggal landas (take off), gendong bayi sambil berjalan-jalan di lorong pesawat beberapa saat.. Jika rewel, gendong bayi posisi berdiri menghadap belakang.
      8. Tidak terburu-buru keluar pesawat untuk menghindari desakan.
      9. Tidak lupa membaca doa perjalanan ketika naik pesawat.. ;-)

  17. Damar July 31, 2013 at 12:54 pm #

    Bayi kami usia 4,5 bulan rencana akan mudik naik mobil pribadi dgn lama perjalanan +/- 15 jam. Kebetulan 2 hari lalu sempat demam, tetapi hari ini sudah normal. Pertanyaan kami:

    1. Amankah mengajak mudik bayi yang baru sembuh dari demam. Rencana saya berangkat 2 hari lagi (4 hari setelah muali demam). Bagaimana dok?

    2. Lebih nyaman dan aman bagi bayi pakai car seat atau digendong bunda (sesekali ditidurkan di jok mobil)?

    Terimakasih ;-)

    • tips-bayi August 1, 2013 at 12:07 am #

      Damar,

      1. Pastikan ketika Anda mudik, bayi Anda benar-benar sehat. Insya Alloh jika demam karena flu biasa, akan hilang 2-3 hr. Banyaklah istirahat selama perjalanan dan pertahankan suhu ruangan kendaraan cukup nyaman untuk buah hati Anda..

      2. Jelas lebih nyaman dipangkuan Bundanya.. Tapi lumayan juga untuk perjalanan 15 jam ya.. :-) Bisa sesekali bayi Anda tidurkan di car seat, jika sudah terlihat gelisah segeralah Bundanya dekap kembali.. Kalau untuk keamanan, bayi Anda lebih aman di pangkuan Bundanya jika bundanya tidak tidur, tapi jika Bundanya tertidur jelas lebih aman di car seat..

      Selamat menikmati mudiknya.. ;-)

  18. Edward July 25, 2013 at 2:19 am #

    Dear Tips Bayi, saya punya bayi usia 2 bulan, saya mau ajak mudik ke jogja, kondisi jalan mudik saat ini kan macet yang luar biasa, nahhh… bagaimana tips agar bayi tetap nyaman dan merasa tenang ketika bermacet macetan ria..
    terima kasih tips bayi..

    • tips-bayi July 29, 2013 at 7:06 am #

      Edward,

      Ke Jogja dari mana ya.. ? Dari Jakarta atau dari solo.. :-)
      Tetaplah dekap bayi Anda dipangkuan Bundanya, seringlah berhenti dan beristirahat di tempat yang nyaman. Buatlah suasana yang nyaman selama perjalanan, bisa Anda gunakan AC agar tidak panas tapi jangan terlalu dingin. Penting..! Susui dengan ASI, karena ASI tidak akan basi dan dengan menyusu langsung pada payudara akan mengurangi stress bayi. ;-)

      Selamat menikmati perjalanan..

  19. Mama azka July 6, 2013 at 1:10 pm #

    Assalamualaikum,,, mau tanya,, rencananya lebaran ni,, azka yg baru berusia 6bulan mau sya ajak mudik ke banyuwangi,, sya sekarang ada dilampung,, perjalanannya 2hr 2malam,, naik bus AC,, bagaimana??? Boleh apa tidak? Bahayakah?? Tolong dijawab ya,, terimakasih.

    • tips-bayi July 9, 2013 at 4:14 am #

      Mama azka

      InsyaAllah tidak berbahaya..

      Intinya buatlah perjalanan senyaman mungkin. Perhatikan jadwal minum susu, suhu ruangan kendaraan, jangan lupa pantau terus keadaan bayi Bunda..

      Selama di perjalanan menggunakan apapun, akan lebih baik jika si bayi tetap berada dalam pangkuan atau dekapan Bunda. Selain akan memberinya rasa hangat, secara psikologis bayi Bunda akan merasa aman dan terlindungi. Ia merasa tenteram dalam kasih sayang Bunda…;-)

  20. rahayu June 19, 2013 at 8:52 am #

    dear tips bayi…..
    saya mau tanya saya baru punya anak yang pertama ini…kebetulan minggu depan kami akan pulang kampung dengan bis..umur putra saya 4 bulan
    kira2 boleh tidak anak saya bepergian jauh…kebetulan putra saya lagi pilek
    mohon untuk responnya ya
    trima kasih tips bayi

    • tips-bayi June 25, 2013 at 4:21 am #

      rahayu,

      Sudah usia 4 bulan boleh dibawa bepergian.. tapi jauhnya segimana Bun..? ;-)

      Dan kalaupun boleh.. sebaiknya Bunda tunggu sampai putranya sehat dari pilek..

  21. chandra June 9, 2013 at 7:35 am #

    mau tanya,, ,insya allah bulan depan anak saya (bulan depan umur 2 bulan) mau saya ajak ke banyuwangi naik kereta AC dari jogja. .kira-kira waktu perjalanan 12jam.
    mohon tips dan sarannya ya bund.. .

    • tips-bayi June 12, 2013 at 1:02 am #

      chandra,

      Selain tips-tips di atas.. Ingat.. usahakan buah hati Anda ada selalu dipangkuan Bundanya.. itu lebih baik.. Selain buah hati Anda merasa hangat, juga secara psikologis buah hati Anda akan merasa aman dan terlindungi. Ia merasa tenteram dalam kasih sayang Bundanya.. Susui dengan ASI saja.. ;-)

  22. Wulan May 10, 2013 at 2:15 pm #

    Dear Admin,
    1. Anak sy cwok usia 5bln3minggu. Rencana mau dibawa naik pesawat yg lama pnerbangan 1,5jam. Bahaya gak ya?

    2. Trus rencana klo nanti pas usia 10bln dibawa naik mobil dgn prjalanan selama 7jam, bahaya gak?

    Mksih jwbnnya…

    Salam,
    Wulan

    • tips-bayi May 22, 2013 at 1:11 am #

      Wulan,

      1. Usia bayi Bunda sudah 5 bulan 3 minggu, boleh dibawa naik pesawat. Hanya memang perlu diperhatikan pengaruh tekanan udara yang tinggi terhadap telinga. Periksakan dan konsultasikan dahulu dengan DSA. Untuk mengurangi tekanan udara, Bunda bisa memberi bayi Anda empeng dot. Bayi Anda juga perlu diberi minum banyak selama perjalanan untuk menghindari kekeringan, mengingat perjalanan udara sifatnya mengeringkan. Jika Bunda menyusui, Bunda pun harus banyak minum..

      Dan selain tips dan kelengkapan diatas, sebenarnya hampir semua maskapai penerbangan sudah mempersiapkan fasilitas standar internasional yang aman untuk bayi.. Bunda bisa memastikannya sebelum booking tempat untuk perjalanan..

      2. Perjalanan menggunakan mobil boleh saja, asal Bunda bisa mengatur waktu. Bila jarak yang ditempuh cukup panjang, usahakan berhenti setiap dua jam sekali. Lalu bawa bayi Bunda keluar mobil sekadar untuk membuatnya bergerak bebas dan Bunda bebas memberi ASI..

      Selama di perjalanan menggunakan apapun, akan lebih baik jika bayi tetap berada dalam pangkuan atau dekapan Bunda. Selain akan memberinya rasa hangat, secara psikologis bayi Bunda akan merasa aman dan terlindungi. Ia merasa tenteram dalam kasih sayang bunda. Jangan taruh bayi di keranjang atau diberikan pada babysitter. Tapi perlakukan bayi Bunda senormal dan sealami mungkin bahwa Bunda memberikan kasih sayang pada buah hati.. ;-)

  23. medina April 26, 2013 at 8:18 am #

    Salam hangatnya tips bayi saya mau tanya kalau bayi saya 1tahun 3minggu mau saya bawa naik pesawat/bis saya belom tau aman enggak kalau dibawa pake bis/pesawat mohon petunjuknya trim’s

    • tipsbayi April 26, 2013 at 9:31 am #

      InsyaAllah tidak masalah, asalkan tidak ada gangguan kesehatan ya bun.

  24. marlina mili March 5, 2013 at 6:56 am #

    rencananya tgl 28 ini saya sekeluarga mau berangkat ke makassar pake pesawat dari tarakan. di makassar tiba jam 4 sore trus nyambung naik bis jam 7 malam ke toraja selama 8 jam. gimana caranya agar bayi saya (1 tahun 3 bulan) dapat tidur dengn nyaman mengingat di bis hanya ada tempat duduk dan rencananya saya ambil satu sheet untuk bayi saya. cuma saya bingung gimana posisi tidurnya. terima kasih.

    • tips-bayi March 11, 2013 at 5:01 am #

      marlina mili,

      Bunda bisa tidurkan di kursi bisnya akan tetapi yang paling nyaman adalah tidur dipangkuan Bunda.. ;-)
      Jika Bunda capek bisa bergiliran menggendongnya.. Jika ingin ditidurkan di kursi, posisi kaki menghadap depan dan rendahkan sandaran kursinya sampai posisi hampir rata..

      Selama di perjalanan menggunakan apapun, akan lebih baik jika si bayi tetap berada dalam pangkuan atau dekapan Anda. Selain akan memberinya rasa hangat, secara psikologis bayi Anda akan merasa aman dan terlindungi. Ia merasa tenteram dalam kasih sayang ibu.

  25. Oscarmommy February 27, 2013 at 7:08 pm #

    Hello tipsbayi… Good morning :)
    Saya Mau Tanya nih,Oscar Sekarang umurnya 5bln
    Dan Bulan 4/April,saya Dan Oscar Mau traveling ke Hongkong
    Mau jenguk daddy Nya disana.
    Yang Mau saya pertanyakan,bagaimana cara yang tepat
    Untuk menjaga Oscar supaya merasa aman dan
    Baca berita bayi Katanya TUTUP satu deUngan tangan Dan yang
    Satu Nya tempelin ke dada bundanya,apakah itu cara Yg Baik???
    Dan Boleh kah kita membawa kereta bayi ke kabin Pesawat? Saya berencana
    Untuk membawa Nya juga.
    Oya tipsbayi…. Oscar umur 5bulan,normalkah klu memiliki berat Badan 7kg??
    Itu saja pertanyaan saya… Mohon petunjuk Nya.

    Thank you Dan have a wonderful day xx

    • tips-bayi March 5, 2013 at 2:45 am #

      Oscarmommy,

      Morning Mom..

      Usia Oscar sudah 5 bulan, boleh dibawa naik pesawat. Hanya memang perlu diperhatikan pengaruh tekanan udara yang tinggi terhadap telinga. Periksakan dan konsultasikan dahulu dengan DSA. Untuk mengurangi tekanan udara, Mommy bisa memberi Oscar empeng dot. Oscar juga perlu diberi minum banyak selama perjalanan untuk menghindari kekeringan, mengingat perjalanan udara sifatnya mengeringkan. Jika Mommy menyusui, Mommy pun harus banyak minum..

      Dan selain tips dan kelengkapan diatas, sebenarnya hampir semua maskapai penerbangan sudah mempersiapkan fasilitas standar internasional yang aman untuk bayi.. Mommy bisa memastikannya sebelum booking tempat untuk perjalanan..

      Dalam pesawat, Oscar jauh lebih baik dipangkuan Mommy.. Tentang membawa stroller, setiap maskapai penerbangan menetapkan aturan yang berbeda. Ada yang membolehkan dibawa ke kabin dan dititipkan ke awak pesawat, namun ada pula yang sama sekali melarang membawa stroller ke kabin –harus masuk bagasi.. tanyakan dengan teliti ke maskapai penerbangan Anda..

      Oh ya.. BB Oscar bagus dan ideal dengan usianya.. ;-)

  26. riswani February 16, 2013 at 2:45 pm #

    saya mw tnya..anak sya skrg berumur 15 bulan,sya igin membwanya berlibur,tapi perjalanannya selama 5 jam.kami menaiki mobil kesana.apakah tidak berbhaya anak saya berada didalam mobil selama itu?

    • tips-bayi February 18, 2013 at 2:11 pm #

      riswani

      InsyaAllah tidak berbahaya..
      Bunda bisa mengatur waktu. Bila jarak yang ditempuh cukup panjang, usahakan berhenti setiap dua jam sekali. Lalu bawa si bayi keluar mobil sekadar untuk membuatnya bergerak bebas dan Bunda bebas memberi ASI..

      Selama di perjalanan menggunakan apapun, akan lebih baik jika si bayi tetap berada dalam pangkuan atau dekapan Anda. Selain akan memberinya rasa hangat, secara psikologis bayi Anda akan merasa aman dan terlindungi. Ia merasa tenteram dalam kasih sayang ibu. Jangan taruh bayi di keranjang atau diberikan pada babysitter. Tapi perlakukan bayi Anda senormal dan sealami mungkin bahwa Anda memberikan kasih sayang pada anak..

  27. alifa January 12, 2013 at 3:30 pm #

    asslm…tips bayi, mw tny ni,,baby sy umur 1,5 bln ..mw d ajak naik motor k rmh eyang nya…jaraknya 20km..ap berbahaya ga?trus tips nya gmn biar aman buat baby…mksih ya

    • tips-bayi January 14, 2013 at 4:57 am #

      alifa

      Sebenarnya tidak dianjurkan untuk membawa bayi dengan motor, apalagi jika perjalanannya jauh dan bayinya masih sangat kecil. Kalaun memang tidak ada pilihan lain Anda harus hati-hati.. perhatikan keamanan bayi Anda, posisikan bayi Anda dengan nyaman..jangan biarkan bayi Anda terkena hembusan angin langsung, banyak berhenti untuk istirahat kalau bisa hindari perjalanan jauh dengan sepeda motor..

      Bahaya yang terjadi ketika bayi digendong oleh ibunya yang dibonceng mengendarai motor, adalah kekurangan oksigen. Biasanya kan si bayi digendong oleh ibunya di jok belakang motor dan biasanya karena takut bayinya masuk angin dan terkena panas matahari, si ibu akan menyelimuti bayinya rapat-rapat. Nah, terkadang ada kasus dimana si bayi kekurangan oksigen dan akhirnya tidak sadarkan diri bahkan hingga menemui kematian.

  28. dikky haryanto December 23, 2012 at 1:45 am #

    dear,

    saya punya anak umur ya 16 bulan,tapi dia sering tidur tengah malam 11-12 mlm
    apa sih solusiya buk,apa itu tidak masalah?

    makasih sebelumya.

    • tips-bayi December 27, 2012 at 12:02 am #

      dikky haryanto,

      Tidak mengapa jika di siang hari bayi Anda tertidur pulas. Usahakan di siang hari jangan banyak diajak bermain, terutama di jadwal tidurnya.

      Pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas..

      Biasakan membentuk pola tidur yang baik, karena perkembangan otak bayi terjadi ketika bayi sedang tidur..

      Belum terlambat, Anda dapat melatihnya membentuk pola tidur yang baik pada usia ini, dengan cara:
      o Menetapkan waktu tidur malam dan siang
      o Bentuklah rutinitas sebelum tidur

  29. Anonymous December 3, 2012 at 1:06 pm #

    dear admin,,mw tny ni, anak saya berusia 50minggu, bolehkah diajak perjalanan naek mtor 30menitan tiap seminGGU skali, pulang pergi kerumah eyanxnya, berbahaya gak it bgi si kcl?? Mkasih

    • tips-bayi December 5, 2012 at 7:18 am #

      Anonymous,

      Sebenarnya tidak dianjurkan untuk membawa bayi dengan motor, apalagi jika perjalanannya jauh dan bayinya masih sangat kecil. Kalaun memang tidak ada pilihan lain Anda harus hati-hati.. perhatikan keamanan bayi Anda, posisikan bayi Anda dengan nyaman..jangan biarkan bayi Anda terkena hembusan angin langsung, banyak berhenti untuk istirahat kalau bisa hindari perjalanan jauh dengan sepeda motor..

      Bahaya yang terjadi ketika bayi digendong oleh ibunya yang dibonceng mengendarai motor, adalah kekurangan oksigen. Biasanya kan si bayi digendong oleh ibunya di jok belakang motor dan biasanya karena takut bayinya masuk angin dan terkena panas matahari, si ibu akan menyelimuti bayinya rapat-rapat. Nah, terkadang ada kasus dimana si bayi kekurangan oksigen dan akhirnya tidak sadarkan diri bahkan hingga menemui kematian.

  30. cinta November 6, 2012 at 7:45 am #

    mau nanya ,,usia ank saya 2bulan 9 hr,,saya mau kejakarta apakah blh?

    • tipsbayi November 8, 2012 at 4:10 am #

      @cinta,

      Dari mana ya Bun?

  31. usman September 27, 2012 at 11:05 am #

    dear tips bayi. Sy mau tnya, anak saya skr umur 3 minggu. Rncn bln novmber mau prg k jkt naik pswt dr pangkalpinang,prjalanan 1 jam. Bln novmber nnt umurx sktr 2 bulan. Boleh gak naik pswt umur 2 bln? Bhaya gak umur sgtu naik pswt? Telingany gpp klo naik pswt? Terima kasih.

    • tips-bayi October 3, 2012 at 5:58 am #

      usman,

      Berarti nanti sudah usia 2 bulan.. Seorang bayi boleh dan aman diajak bepergian sejak usia 2 minggu (tentunya dengan persiapan matang), beberapa ahli menyatakan usia aman untuk bayi bepergian adalah di atas 2 bulan tapi karena di usia 2 minggu hampir semua organ tubuh bayi sudah terbentuk dengan baik, termasuk saluran tube eustachius, kematangan saluran yang menghubungkan hidung dan telinga ini sangat dibutuhkan bayi untuk beradaptasi menghadapi perubahan tekanan udara (terutama kala bepergian dengan pesawat). Karena jika belum matang, perubahan tekanan udara di pesawat bisa merusak indra pendengarannya.

      Perjalanan dengan pesawat akan lebih cepat sampai ketimbang naik kendaraan lain. Hanya perlu diperhatikan pengaruh tekanan udara yang tinggi terhadap telinga. Periksakan dan konsultasikan dahulu dengan DSA. Untuk mengurangi tekanan udara, Anda bisa memberi bayi Anda empeng dot. Ia juga perlu diberi minum banyak selama perjalanan untuk menghindari kekeringan, mengingat perjalanan udara sifatnya mengeringkan. Jika Anda menyusui, Anda pun harus banyak minum..

      Dan selain tips dan kelengkapan diatas, sebenarnya hampir semua maskapai penerbangan sudah mempersiapkan fasilitas standar internasional yang aman untuk bayi Anda.. Anda bisa memastikannya sebelum Anda booking tempat untuk perjalanan..

      Dalam pesawat bay Anda jauh lebih baik dipangkuan Anda..
      Oh ya.. Perjalanan bagi bayi baiknya memang malam hari, agar bayi mudah untuk istirahat dan suhu tidak terlalu panas dan polusi..

  32. eva September 23, 2012 at 10:37 am #

    Asslm wr wb..
    saya mau tanya, apakah bayi 2 bln aman dibawa bepergian pake bis AC ? rencananya saya bersama teman kantor suami saya mau pergi ke The Jungle Bogor bln depan pake bis, usia anak saya bln dpn 2bln, apakah aman dibawa bepergian ??posisi saya skrg di Bandung.
    satu lagi, setiap mau tidur anak saya suka gerak2 spt gelisah gitu, apakah itu normal?

    ditunggu jawabannya segera, terima kasih Om tipsbayi…

    • tips-bayi October 2, 2012 at 12:51 am #

      eva,

      Wa’alaikumussalam Wr. Wb.,

      Bulan depan ya..? Berarti nanti bayi Anda sudah 3 bulan .. Jika bayi Anda sudah berusia lebih dari 3 bulan, Anda bisa lebih tenang membawanya dalam perjalanan jauh. Selain kondisi fisiknya yang sudah lebih stabil, pada usia ini bayi Anda tidak akan merasa terganggu dengan berbagai kondisi perjalanan..

      Sebelum tidur gelisah..? Kemungkinan bayi Anda terlalu banyak bermain atau ransangan dari orang sekitar untuk bermain, apalagi bila bermainnya menjelang waktu tidurnya, ini akan terbawa pada memorinya disaat tidur.., dan menyebabkan tidurnya lasak.. ini NORMAL..

  33. lanny September 8, 2012 at 5:34 pm #

    Dear tips bayi.. Bahaya ga jika anak usia 4 bulan sering diajak berpergian pakai Mobil pribadi jarak tempuh 1-2 jam Dan jalanan cenderung berguncang? Bahaya terhadap otak nya ga? Ada resiko shaken baby syndrome? Makasih infonya..

    • tips-bayi September 18, 2012 at 2:49 am #

      @ lanny,

      Goncangan dalam mobil insyaAllah tidak bermasalah bu..
      Dengan mobil pribadi.. selain lebih aman untuk kesehatan bayi Anda, di dalamnya memuat bayi Anda bersama orang-orang yang sudah dikenalnya seperti orangtua atau keluarga dan babysitter-nya. Juga, perjalanan dengan kendaraan pribadi membuat Anda bisa mengatur waktu. Bila jarak yang ditempuh cukup panjang, usahakan berhenti setiap dua jam sekali. Lalu bawa si bayi keluar mobil sekadar untuk membuatnya bergerak bebas dan Anda bebas mem beri ASI..

      Selama di perjalanan menggunakan apapun, akan lebih baik jika si bayi tetap berada dalam pangkuan atau dekapan Anda. Selain akan memberinya rasa hangat, secara psikologis bayi Anda akan merasa aman dan terlindungi. Ia merasa tenteram dalam kasih sayang ibu. Jangan taruh bayi di keranjang atau diberikan pada babysitter. Tapi perlakukan bayi Anda senormal dan sealami mungkin bahwa Anda memberikan kasih sayang pada anak.. ;-)

  34. Agus August 13, 2012 at 3:34 am #

    salam admin
    saya mau tanya,kebetulan bayi saya baru genap 10 hari,rencana setelah usia 3 bulan,mau di titip di rumah ibu(kampung),dikarnakan istri saya kerja,yang mau saya tanya, untuk usia bayi 3 bulan apa ada masukan,susu formula apa yang baik untuk se’usia itu???mohon infonya.trmksh

    • tips-bayi August 25, 2012 at 2:51 am #

      @ Agus,

      Wasalam,

      Untuk kandungan sufor, sebenarnya hampir sama saja. Tapi untuk di pasaran sufor mempunyai kwalitas yang berbeda-beda, otomatis nilai gizinya lain meskipun tampaknya sama, maka pintar-pintarlah Anda mencari sufor yang cocok untuk bayi Anda dan mempunyai nilai gizi yang bagus.., tapi sebagusnya sufor tentu tidak akan bisa melebihi ASI.. ;-)

      Untuk mencari sufor yang cocok buat bayi Anda. Lihat dan perhatikan pengaruh sufor barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan.

  35. Atho cs July 24, 2012 at 3:03 pm #

    Dear , tipsbayi mau nanya ne anak saya umur 1 bulan 10 hari rencana saya mau pulang kampung naik kapal dengan keluarga. TRus kondisi cuacanya kurang bagus musim penghujanan maklum masi serba terbatas daerah maluku. Pertanyaan apa bisa saya bawa anak saya mohon jawabanya tks

    • tips-bayi August 22, 2012 at 7:40 am #

      @ Atho cs,

      Wah.. Sudah sampai kayaknya yang pulang kampungnya nih..? Mohon maaf telat jawab.. :-)

      Baru usia 1 bulan ya..? Jika bayi Anda sudah berusia lebih dari 3 bulan, Anda bisa lebih tenang membawanya dalam perjalanan jauh. Selain kondisi fisiknya yang sudah lebih stabil, pada usia ini bayi Anda tidak akan merasa terganggu dengan berbagai kondisi perjalanan..

      Jaraknya jauh ya.. dari Jakarta ke Maluku..?

  36. Iana July 18, 2012 at 10:57 pm #

    Halo admin, saya tanya dong. Anak saya 14 bulan. Kendaraan utama kami motor, kalau setiap hari bayi diajak naik motor dengan durasi 1-2jam, pagi dan malam dengan jarak blok m – jati bening. Apakah akan berpengaruh pada kesehatan jangka Panjang? Misal paru paru basah dan semacamnya. Posisi gendongnya, dia menghadap saya. Kindly need your info ya, min…

    • tips-bayi July 28, 2012 at 3:28 am #

      @ Iana,

      Setiap hari ya..? Durasi 1-2 jam, lama juga.. dan pagi malam berarti dua kali..? Wah si Adek nya kuat bener.. ;-)

      Sebenarnya tidak dianjurkan untuk membawa bayi dengan motor, apalagi jika perjalanannya jauh dan bayinya masih sangat kecil. Meskipun bayi Anda sudah 14 bulan akan tetapi kalau melihat aktifitasnya seperti itu ditakutkan sedikit banyak akan ada pengaruh pada kesehatannya..

      Posisi gendongnya sudah benar, perlu dipertimbangkan juga polusi jalanan.. Hati-hati biasanya kan si bayi digendong oleh ibunya di jok belakang motor dan biasanya karena takut bayinya masuk angin dan terkena panas matahari juga polusi, maka si ibu akan menyelimuti bayinya rapat-rapat.

      Nah, terkadang ada kasus dimana si bayi kekurangan oksigen dan akhirnya tidak sadarkan diri bahkan hingga menemui kematian.

      Jadi harus hati-hati ya.. ;-)

  37. putut July 10, 2012 at 3:10 pm #

    selamat malam.
    setelah membaca banyak komentar dan jawaban diatas saya sangat salut atas perhatian dan jawaban yg diberikan oleh admin.

    saya ingin menanyakan usia bayi saya sampai dengan idulfitri tahun ini 3bulai lebih.saya ingin mengajaknya mudik. rencananya menggunakan mobil travel. waktu yg diperlukan kurang lebih 7jam perjalanan.

    yg ingin saya tanyakan bolehkan saya mengajaknya dan persiapan tambahan aa saja yg harus disiapkan selain yg sidah di uraikan doatas. terimakasih.

    • tips-bayi July 16, 2012 at 6:31 am #

      @ putut,

      Jika bayi Anda sudah berusia lebih dari 3 bulan, Anda bisa lebih tenang membawanya dalam perjalanan jauh. Selain kondisi fisiknya yang sudah lebih stabil, pada usia ini bayi Anda tidak akan merasa terganggu dengan berbagai kondisi perjalanan..,

      Jika sudah waktunya..selain Anda ikuti tips-tips diatas, untuk perjalanan jauh Anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik… Perhatikan kenyamanan bayi Anda dalam perjalanan, bepergian pada malam hari akan lebih tenang untuk bayi.

  38. Zaky Fauzi June 29, 2012 at 3:26 am #

    Saya tnya anak saya laki-laki usia 7 bulan dengan berat 7kg, dulu prematur dgn berat 1,6kg dan pakai susu formula. apakah normal pertumbuhan berat badan segitu ? Makan tambahan apa yang sesuai atau vitamin untuk pertumbuhan bayi saya ? terima kasih

    • tips-bayi July 7, 2012 at 11:59 am #

      @ Zaky Fauzi,

      * BB bayi Anda masih tergolong NORMAL, karena masih 90% BB normal untuk bayi Indonesia. Meskipun terlihat kecil.. ;-)

      Teruslah memberikan MPASI dengan menu variatif dengan sabar dan telaten. Tingkatkan porsi dan teksturnya secara bertahap. Buatlah pola makan yang baik dengan gizi seimbang dan istirahat yang cukup. Hindari makanan-makanan instan dan jajanan yang menggunakan pemanis buatan dan perisa kimia..

      Jika bayi Anda sudah bisa memegang sendiri dan mengunyah bisa mulai diperkenalkan ‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil dan sayuran rebus.. Dengan begini bayi Anda akan terbiasa makan diluar jam makan, biasa dengan menu variatif dan terbiasa dengan berbagai rasa makanan.. ;-)

      Untuk memberikan vitamin dan untuk mengetahui kondisi tubuh bayi Anda, bisa Anda konsultasikan dengan DSA..

  39. enny June 8, 2012 at 10:22 am #

    tolong jawabannya segera yaaa di tunggu trims

  40. enny June 8, 2012 at 10:16 am #

    mau tanya usia bayi saya 4 bulan karena sering capek kalo pergi2 sy memakai gendongan ransel yang menghadap ke ibu,, apakah bayi usia 4 bulan sudah boleh digendong dengan cara seperti itu?? karena posisi kakinya kan jadi membuka?/ mohon jawabannya segera trims

    • tips-bayi June 8, 2012 at 12:42 pm #

      @ enny,

      Digendong dengan GENDONGAN CARRIER DEPAN berarti sama dengan dipekeh ya..?
      usia paling tepat memekeh bayi yaitu saat bayi sudah bisa duduk sendiri tanpa dibantu. Biasanya umur 7-8 bulan. Pada saat itu pinggangnya sudah kuat, jadi posisi mekeh tidak akan membahayakan dan tidak berdampak buruk. Namun disarankan saat memekeh anak harus bertahap mengenai durasi dan frekuensinya.. ;-)

    • Anonymous September 7, 2012 at 2:14 am #

      Yc kaga bleh lah tulang,ya blm jejek kata orang zaman dulu???????????

    • tips-bayi May 11, 2012 at 2:53 am #

      @

      Tidur digendong itu kebiasaan yang kurang baik. Anda jadi repot kan? Maka rubahlah secara bertahap kebiasaannya. Susui bayi Anda apabila sudah terlihat mengantuk. Atau posisikan di tempat tidur jika sudah terlihat mengantuk.. Misalnya, mengucek-ngucek mata, menarik telinga, atau terlihat bayangan gelap di bawah matanya. Jika Anda menangkap tanda-tanda seperti ini, atau tanda-tanda mengantuk lainnya, tidurkanlah si kecil segera..

      Boleh ditepuk-tepuk perlahan. Ciptakan suasana sekitar yang tenang. Redupkan lampu ruangan..

      Belum terlambat, Anda dapat melatihnya membentuk pola tidur yang baik pada usia ini, dengan cara:
      o Menetapkan waktu tidur malam dan siang
      o Bentuklah rutinitas sebelum tidur

      Bayi Anda susah tidur atau tidak nyenyak tidur kemungkinan lapar atau haus.. Volume lambung bayi masih sempit sekali, apalagi usia segitu. Jadi cepat penuh dan cepat lapar kembali.. Perlu kita susui setiap 2 jam sekali atau sesuai permintaan bayi.. NORMAL kok.. ;-)

      Jangan khawatir dengan pola tidurnya.. pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas.

    • tips-bayi May 9, 2012 at 1:22 pm #

      @ vha_geuliz8,

      Sebenarnya bisa jadi itu faktor keturunan..

      Anda jangan khawatir..Sebenarnya banyak berkeringat merupakan pertanda baik karena berarti kelenjar keringat berfungsi sempurna. Pengeluaran keringat merupakan proses sekresi atau pembuangan sisa-sisa garam dan juga racun dari dalam tubuh.. ;-)

      Seberapa banyak pun keringat bayi yang keluar sebenarnya normal saja sepanjang bayi tidak terganggu oleh keringatnya. Masih dikatakan wajar bila bayi tidak rewel, selera makan atau menyusunya tetap oke, porsi tidurnya cukup, Aktif, dan pertumbuhannya tidak terganggu…

      Keringat perlu diwaspadai sebagai pertanda gangguan kesehatan jika dibarengi dengan keluhan lain semisal mendadak rewel, tak mau makan/minum/menyusu, susah tidur, lemah, dan sebagainya.

  41. silvi April 28, 2012 at 1:16 am #

    pagi tips bayi, ,
    aku mw share ne, anakku umur 2 bulan dan alhmdll sehat. Masalahnya, anakku tiap ditidurkan di kasur setelah tidur sambil digendong, gak lama kmd past bangun, padahal nek nidurkan dia dh pulas, jadi sekarang lebih sering tidur digendong. Seperti itu ap akan tetap berlanjut mpe dia gede ya? Apa it karena terlalu sering digendong ato emang pembawaan bayi beda2? Tipsnya ya,makasih sebelume.

    • tips-bayi May 8, 2012 at 7:33 am #

      @ silvi

      Tidur digendong itu kebiasaan yang kurang baik. Anda jadi repot kan? Maka rubahlah secara bertahap kebiasaannya. Susui bayi Anda apabila sudah terlihat mengantuk. Atau posisikan di tempat tidur jika sudah terlihat mengantuk.. Misalnya, mengucek-ngucek mata, menarik telinga, atau terlihat bayangan gelap di bawah matanya. Jika Anda menangkap tanda-tanda seperti ini, atau tanda-tanda mengantuk lainnya, tidurkanlah si kecil segera..

      Boleh ditepuk-tepuk perlahan. Ciptakan suasana sekitar yang tenang. Redupkan lampu ruangan..

      Belum terlambat, Anda dapat melatihnya membentuk pola tidur yang baik pada usia ini, dengan cara:
      o Menetapkan waktu tidur malam dan siang
      o Bentuklah rutinitas sebelum tidur

  42. Novi April 24, 2012 at 6:12 am #

    tips-bayi
    Putri saya berumur 6 bulan.Selama ini kami tinggal di rumah ortu saya, nah dalam waktu dekat kami mau pindah ke rumah kami yang baru. Saya dan suami sama-sama kerja, selama kami tinggal kerja putri kami titipkan sama ortu saya. Praktis nanti tiap pagi kami harus antar putri saya ke rumah ortu saya yg jaraknya bisa di tempuh dlm waktu 15-25 menit, dan sorenya kami jemput dia. Rencananya kami akan pake mobil, tapi bisa juga pake sepeda motor, tergantung situasi hehehe….:) Dengan kondisi demikian hal apa saja yg perlu di perhatikan, saya khawatir dia jadi cepat capek dan akibatnya jadi gampang rewel atau sakit. Mohon sarannya ya…Thx.:)

    • tips-bayi May 3, 2012 at 5:34 am #

      @ Novi,

      Intinya buatlah perjalanan senyamaman mungkin. Perhatikan jadwal minum susu, suhu ruangan kendaraan, jangan lupa pantau terus keadaan bayi Anda..

      Selama di perjalanan menggunakan apapun, akan lebih baik jika si bayi tetap berada dalam pangkuan atau dekapan Anda. Selain akan memberinya rasa hangat, secara psikologis bayi Anda akan merasa aman dan terlindungi. Ia merasa tenteram dalam kasih sayang ibu. Jangan taruh bayi di keranjang atau diberikan pada babysitter. Tapi perlakukan bayi Anda senormal dan sealami mungkin bahwa Anda memberikan kasih sayang pada anak.. ;-)

      Maksimalkan kebersamaan Anda dengan buah hati Anda selama Anda berada di rumah. Selalulah memberikan ASI secara langsung selama di rumah, suapi oleh Anda selama Anda di rumah.

  43. sundari April 13, 2012 at 6:54 am #

    dear tips,

    fathan 1thn 5 bln (2o apr) ingin saya ajak ke DEpok / Bekasi naik motor bersama ayahnya(bawa motor) dan saya (bonceng)
    posisi yang baik seperti apa ya tips, menghadap ke depan membelakang saya apa berhadapan dengan saya , ditunggu tips jawabannya, thanks before

    • tips-bayi April 19, 2012 at 3:48 am #

      @ sundari

      Fathan usianya 1thn 5 bln ya..?
      Untuk kenyamanan posisi duduk Fathan dengan menghadap kearah Ibu..;-)

  44. resa rahayu April 5, 2012 at 4:16 am #

    Dear tis bayi…anakku usia 11 bulan, rencananya kami mau pergi ke Jogja naik kereta. pergi jum’at sore, sampai -/+ jam 1 pagi, lalu sabtu malam sudah pulang lagi. apakah yang seperti itu tidak apa? mengingat perjalanan dikereta 8 jam lalu hanya menginap sebentar kemudian pulang lagi. mohon sarannya ya…tx

    • tips-bayi April 9, 2012 at 2:46 am #

      @ resa rahayu,

      Jika Kondisi bayi Anda sehat, Insya Allah tidak apa-apa..

      Kalau Anda memilih naik kereta api, sebaiknya pesan tiket beberapa hari sebelumnya agar dapat memilih gerbong dan tempat duduk yang nyaman bagi bayi Anda. Jangan lupa pilih gerbong yang bebas rokok. Jika kereta apinya padat penumpang dan perjalanan akan panjang, lebih baik Anda juga membeli tiket tempat duduk untuk bayi Anda..

      Untuk bayi Anda, memang perjalanan akan lebih nyaman dengan kereta api dibandingkan dengan mobil. Meskipun seusia bayi Anda sudah cukup aman dibawa pergi jauh, tapi tetap Anda harus selalu memperhatikan keselamatan dan kenyamanan dalam perjalanannya. Anda ikuti tips persiapan di atas, cari jadwal perjalanan malam, ketika bayi Anda terbangun ajaklah bayi Anda banyak bermain agar tidak membosankan. Berikan makan sesuai jadwalnya, memberikan ASI atau menyusu ketika perjalanan akan mengurangi stress pada bayi Anda.. ;-)

      Semoga perjalanannya menyenangkan..

  45. Diwany irfany March 30, 2012 at 2:19 am #

    Pernah, 2 hari tp naik mbl pribadi.. Makasih ya tips bayi tas saran’y…

  46. Diwany irfany March 30, 2012 at 2:19 am #

    Pernah, 2 hari.. Makasih ya tips bayi tas saran’y…

  47. Diwany irfany March 24, 2012 at 4:24 pm #

    Dear tips bayi.. Saya mau nanya, rencana nya anak saya umur 10 bulan mau di bawa ke jawa tour ziarah selama 3 hari pake bis AC, apakah tidak akan mengganggu kesehatan nya?

    • tips-bayi March 29, 2012 at 3:26 am #

      @ vivi,

      Tidak rewel ya.. Usahakan untuk sementara Anda berikan ASI saja..

      Usaha lain yang bisa Anda lakukan ..
      * Bantulah bayi Anda dengan melakukan olahraga kecil, dengan cara menekuk lutut bayi kearah perutnya secara lembut beberapa kali, yang akan membantu untuk mengeluarkan feses
      * Mandikan dengan air hangat.
      * Oleskan baby oil di daerah sekitar anus bayi.

      Jangan khawatir itu masih NORMAL.. ;-)

  48. Diwany irfany March 24, 2012 at 4:03 pm #

    Dear tips bayi.. Saya mau nanya, rencana nya anak saya umur 10 bulan mau di bawa ke jawa tour selama 3 hari, apakah tidak akan mengganggu kesehatan nya?

    • tips-bayi March 29, 2012 at 3:09 am #

      @ Diwany irfany,

      Wah 3 hari ya.. ? Lama juga.. Sebelumnya sudah pernah dibawa bepergian ..? Berapa lama paling lama..?

      Jika ini perjalanan jauh pertamanya.. Kami sarankan jangan dulu deh.. ;-) Terlalu beresiko..

      Atau Anda bisa periksakan dulu ke DSA dan tanyakan apa dengan kondisinya bayi Anda bisa tahan untuk perjalanan 3 hari dengan bis..?

  49. Evalina March 24, 2012 at 12:45 pm #

    Tips bayi mohon sarannya ya. Saya berencana membawa anak saya naik pesawat dari Jogja ke Palu saat usianya 4 bulan, sekarang baru 2,5 bulan. Mana yg lebih aman perjalanan siang atau malam hari? Fyi, biasanya selama perjalanan bisa 2-3 kali pindah pesawat. Dan apakah ketika didalam pesawat bayi lebih baik dipangku atau pakai bassinet? Thx a lot yah.

    • tips-bayi March 29, 2012 at 1:56 am #

      @ Evalina,

      Seorang bayi boleh dan aman diajak bepergian sejak usia 2 minggu (tentunya dengan persiapan matang), beberapa ahli menyatakan usia aman untuk bayi bepergian adalah di atas 2 bulan tapi karena di usia 2 minggu hampir semua organ tubuh bayi sudah terbentuk dengan baik, termasuk saluran tube eustachius, kematangan saluran yang menghubungkan hidung dan telinga ini sangat dibutuhkan bayi untuk beradaptasi menghadapi perubahan tekanan udara (terutama kala bepergian dengan pesawat). Karena jika belum matang, perubahan tekanan udara di pesawat bisa merusak indra pendengarannya.

      Perjalanan dengan pesawat akan lebih cepat sampai ketimbang naik kendaraan lain. Hanya perlu diperhatikan pengaruh tekanan udara yang tinggi terhadap telinga. Periksakan dan konsultasikan dahulu dengan DSA. Untuk mengurangi tekanan udara, Anda bisa memberi bayi Anda empeng dot. Ia juga perlu diberi minum banyak selama perjalanan untuk menghindari kekeringan, mengingat perjalanan udara sifatnya mengeringkan. Jika Anda menyusui, Anda pun harus banyak minum..

      Dan selain tips dan kelengkapan diatas, sebenarnya hampir semua maskapai penerbangan sudah mempersiapkan fasilitas standar internasional yang aman untuk bayi Anda.. Anda bisa memastikannya sebelum Anda booking tempat untuk perjalanan..

      Dalam pesawat bay Anda jauh lebih baik dipangkuan Anda.. ;-)
      Oh ya.. perjalanan bagi bayi baiknya memang malam hari, agar bayi mudah untuk istirahat dan suhu tidak terlalu panas dan polusi.. ;-)

  50. Abu Syihab March 3, 2012 at 10:24 am #

    bayi umur 3 bulan . kami ingin mengajaknya bepergian jauh jawa – lampung bagaimana menurut tips bayi

    • tips-bayi March 7, 2012 at 7:22 am #

      @ Abu Syihab,

      Jawa – Lampung..? Sebenarnya jika bayi Anda sudah berusia lebih dari 3 bulan, Anda bisa lebih tenang membawanya dalam perjalanan jauh. Selain kondisi fisiknya yang sudah lebih stabil, pada usia ini bayi Anda tidak akan merasa terganggu dengan berbagai kondisi perjalanan..

      Jika sudah waktunya.. Untuk perjalanan jauh Anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Perhatikan kenyamanan bayi Anda, bepergian pada malam hari akan lebih tenang untuk bayi. Akan tetapi untuk bayi Anda, seumuran itu kondisi fisiknya belum stabil masih ada kemungkinan terganggu dengan berbagai kondisi perjalanan, jadi selain Anda ikuti tips-tips diatas Anda juga harus selalu memperhatikan KENYAMANAN bayi Anda dalam perjalanan.. :-)

  51. reem February 29, 2012 at 4:20 am #

    asalamualaikum saya mau tanya harus memakai baju apa ketika bayi naik pesawat

    • tips-bayi March 6, 2012 at 3:48 am #

      @ reem,

      Wa’alaikumussalam Wr. Wb.,
      Hmm.. untuk baju bayi Anda, sesuaikan dengan musim atau cuaca. Yang penting.. Gunakan baju yang berbahan katun dan nyaman dipakai (tidak terlalu sempit), untuk mengurangi panas.. ;-)

  52. dian anggraeni February 28, 2012 at 7:33 am #

    skitar bulan april anak say yg pertama akan mengadakan piknik di sekolahnya ( TK ) .dia ingin saya ikut, padahal adiknya masih kecil skrg umur 27 minggu . jika di hitung, sampe bulan april umurnya 2 bulanan .pertanyaannya , aman g klo anak saya yang kedua di bawa ikut piknik ( saya tinggal di karawang , mau piknik ke Ancol ) dgn menggunakan bis AC . mohon pencerahannya , terimakasih

    • tips-bayi March 6, 2012 at 3:30 am #

      @ dian anggraeni,

      Piknik dari Karawang ke Ancol ya..? ;-)
      Apa kesehatan bayi Anda baik..? Untuk perjalanan jauh Anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Perhatikan kenyamanan bayi Anda, bepergian pada malam hari akan lebih tenang untuk bayi. Akan tetapi untuk bayi Anda, seumuran itu kondisi fisiknya belum stabil masih ada kemungkinan terganggu dengan berbagai kondisi perjalanan, jadi selain Anda ikuti tips-tips diatas Anda juga harus selalu memperhatikan KENYAMANAN bayi Anda dalam perjalanan.. :-)

      Insya Allah apabila kita mengikuti prosedur dan tips dalam perjalanan dengan baik.. tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.. :-)
      Tips-tips di atas adalah salah satu panduan Anda ketika membawa anak Anda bepergian..

      Intinya buatlah perjalanan senyamaman mungkin. Perhatikan jadwal minum susu, suhu ruangan kendaraan, seringlah melakukan istirahat dan rileks.. jangan lupa pantau terus keadaan bayi Anda..

      Selama di perjalanan menggunakan apapun, akan lebih baik jika si bayi tetap berada dalam pangkuan atau dekapan Anda. Selain akan memberinya rasa hangat, secara psikologis bayi Anda akan merasa aman dan terlindungi. Ia merasa tenteram dalam kasih sayang ibu. Perlakukan bayi Anda senormal dan sealami mungkin bahwa Anda memberikan kasih sayang pada anak.. ;-)

      Dan.. INGAT.. Hindari keramaian, kemacetan dan cuaca panas..

  53. bunda rafi January 6, 2012 at 10:02 am #

    Dear tips bayi,,sy mo nanya nie,,saat ini saya tinggal di Garut,rencana nya mau syukuran bayi di cimahi…aman ga kalo bayi usia 7 hari dibawa dalam perjalanan kurang lebih 3 jam???
    trims….

    • tips-bayi January 9, 2012 at 3:07 am #

      @ bunda rafi,

      Apa kesehatan bayi Anda baik..? Untuk perjalanan jauh Anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Perhatikan kenyamanan bayi Anda, bepergian pada malam hari akan lebih tenang untuk bayi. Akan tetapi untuk bayi Anda, seumuran itu kondisi fisiknya belum stabil masih ada kemungkinan terganggu dengan berbagai kondisi perjalanan, jadi selain Anda ikuti tips-tips diatas Anda juga harus selalu memperhatikan KENYAMANAN bayi Anda dalam perjalanan.. :-)

      Insya Allah apabila kita mengikuti prosedur dan tips dalam perjalanan dengan baik.. tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.. :-)
      Tips-tips di atas adalah salah satu panduan Anda ketika membawa anak Anda bepergian..

      Intinya buatlah perjalanan senyamaman mungkin. Perhatikan jadwal minum susu, suhu ruangan kendaraan, seringlah melakukan istirahat dan rileks.. jangan lupa pantau terus keadaan bayi Anda..

      Selama di perjalanan menggunakan apapun, akan lebih baik jika si bayi tetap berada dalam pangkuan atau dekapan Anda. Selain akan memberinya rasa hangat, secara psikologis bayi Anda akan merasa aman dan terlindungi. Ia merasa tenteram dalam kasih sayang ibu. Jangan taruh bayi di keranjang atau diberikan pada babysitter. Tapi perlakukan bayi Anda senormal dan sealami mungkin bahwa Anda memberikan kasih sayang pada anak.. ;-)

  54. mama devan December 24, 2011 at 12:17 pm #

    Dear tips bayi, gabung ya,, sy mo nanya. Bayi sy 4bln, gmn tips ngajak bayi pergi jln2 (naik mbil pribadi) yg aman. Soalnya kalau habis pergi mesti rewel & muntah (gumoh) banyak. Biasanya di dlm mobil selalu minta minum, pdhl sdh sendawa.

    • tips-bayi December 30, 2011 at 2:26 am #

      @ mama devan,

      Selama di perjalanan menggunakan apapun, akan lebih baik jika si bayi tetap berada dalam pangkuan atau dekapan Anda. Selain akan memberinya rasa hangat, secara psikologis bayi Anda akan merasa aman dan terlindungi. Ia merasa tenteram dalam kasih sayang ibu. Jangan taruh bayi di keranjang atau diberikan pada babysitter. Tapi perlakukan bayi Anda senormal dan sealami mungkin bahwa Anda memberikan kasih sayang pada anak.. ;-)

      Apa kesehatan bayi Anda baik..? Untuk perjalanan jauh Anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Perhatikan kenyamanan bayi Anda, bepergian pada malam hari akan lebih tenang untuk bayi. Akan tetapi untuk bayi Anda, seumuran itu kondisi fisiknya belum stabil masih ada kemungkinan terganggu dengan berbagai kondisi perjalanan, jadi selain Anda ikuti tips-tips diatas Anda juga harus selalu memperhatikan KENYAMANAN bayi Anda dalam perjalanan.. :-)

      Insya Allah apabila kita mengikuti prosedur dan tips dalam perjalanan dengan baik.. tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.. :-)
      Tips-tips di atas adalah salah satu panduan Anda ketika membawa anak Anda bepergian..

      Intinya buatlah perjalanan senyamaman mungkin. Perhatikan jadwal makan minum, suhu ruangan kendaraan, seringlah melakukan istirahat dan rileks.. jangan lupa pantau terus keadaan anak Anda..

      Wajar sekali bayi Anda sering minta minum karena suhu ruangan kendaraan bisa membuat bayi Anda cepat haus lagi..

  55. bunda afif December 11, 2011 at 4:43 am #

    Dear tipsbayi, saya ada rencana membawa bayi saya yang masih berusia 10 bulan bepergian menggunakan pesawat -/+ 45 menit dan kapal -/+ 30 menit. Apa yang harus saya persiapkan?? Bagaimana cara mengatasi jika nanti bayi saya menangis saat berada di pesawat atau kapal?………..

    • tips-bayi December 19, 2011 at 2:12 am #

      @ bunda afif,

      Usia bayi Anda usia 10 bulan.. sudah boleh kok Anda bawa naik pesawat. ;-)

      Meskipun demikian, tepat sekali jika Anda melakukan konsultasi dengan dokter dan cek keadaan si kecil secara keseluruhan sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan ..

      Dan selain tips dan kelengkapan diatas, sebenarnya hampir semua maskapai penerbangan sudah mempersiapkan fasilitas standar internasional yang aman untuk bayi Anda.. Anda bisa memastikannya sebelum Anda booking tempat untuk perjalanan..

      Selamat menikmati perjalan.. Ingat.. Buatlah buah hati Anda nyaman.. Buatlah bayi Anda menjadi lebih tenang dengan mendekapnya, memberinya ASI .. ;-)

  56. elsi November 22, 2011 at 7:42 am #

    saya mau tanya,, umur brp bln baby boleh d bawa naik pesawat? perjalanan + 3 jm di pesawat… apakah baby usia 2- 3 bln udah boleh???
    trimss

    • tips-bayi December 8, 2011 at 3:10 am #

      @ elsi,

      Seorang bayi boleh dan aman diajak bepergian sejak usia 2 minggu (tentunya dengan persiapan matang), beberapa ahli menyatakan usia aman untuk bayi bepergian adalah di atas 2 bulan tapi karena di usia 2 minggu hampir semua organ tubuh bayi sudah terbentuk dengan baik, termasuk saluran tube eustachius, kematangan saluran yang menghubungkan hidung dan telinga ini sangat dibutuhkan bayi untuk beradaptasi menghadapi perubahan tekanan udara (terutama kala bepergian dengan pesawat). Karena jika belum matang, perubahan tekanan udara di pesawat bisa merusak indra pendengarannya.

      Argumen lain, beberapa kelainan kongenital, seperti kelainan jantung atau paru-paru, sudah bisa dideteksi setelah bayi berusia dua minggu. Dengan demikian, dokter bisa memberikan penanganan yang tepat. Dengan beberapa persiapan dan ditunjang kondisi fisik bayi yang sehat, tidak ada masalah bagi bayi bepergian di bawah 2 bulan apalagi diatas 2 bulan, tapi tepatnya konsultasikan dengan dokter anak Anda tentang kesehatan anak Anda.. ;-)

  57. bunda audrey.. November 15, 2011 at 3:58 am #

    Tips bayi, mau tanya dong..
    Baby saya berusia 1 bln, rencana akan dibawa perjalanan ke bali.. Kira2 bahaya ?ª?? ya?

    Trus, baby saya jg sering cegukan.. Apa penyebabnya yah? Dan bagaimana solusinya? Thanks..

    • tips-bayi December 6, 2011 at 2:10 am #

      @ bunda audrey..,

      Seorang bayi boleh dan aman diajak bepergian sejak usia 2 minggu (tentunya dengan persiapan matang), beberapa ahli menyatakan usia aman untuk bayi bepergian adalah di atas 2 bulan tapi karena di usia 2 minggu hampir semua organ tubuh bayi sudah terbentuk dengan baik, termasuk saluran tube eustachius, kematangan saluran yang menghubungkan hidung dan telinga ini sangat dibutuhkan bayi untuk beradaptasi menghadapi perubahan tekanan udara (terutama kala bepergian dengan pesawat). Karena jika belum matang, perubahan tekanan udara di pesawat bisa merusak indra pendengarannya.

      Argumen lain, beberapa kelainan kongenital, seperti kelainan jantung atau paru-paru, sudah bisa dideteksi setelah bayi berusia dua minggu. Dengan demikian, dokter bisa memberikan penanganan yang tepat. Dengan beberapa persiapan dan ditunjang kondisi fisik bayi yang sehat, tidak ada masalah bagi bayi bepergian di bawah 2 bulan, tapi tepatnya konsultasikan dengan dokter anak Anda tentang kesehatan anak Anda.. ;-)

      Cegukan pada bayi itu biasa.. Susui saja terus dengan ASI.

  58. Cincin Cindon October 25, 2011 at 12:24 am #

    katanya bayi yg sering d bawa bepergian pke motor nanti besarnya takut jd drop kshtan dan daya tahan tubuhnya…..itu bner gak?

    • tips-bayi November 30, 2011 at 4:24 am #

      @ Cincin Cindon,

      Yang jelas jangan dibiasakan dengan jarak yang jauh.. Bahaya yang terjadi ketika bayi digendong oleh ibunya yang dibonceng mengendarai motor, adalah kekurangan oksigen. Biasanya kan si bayi digendong oleh ibunya di jok belakang motor dan biasanya karena takut bayinya masuk angin dan terkena panas matahari, si ibu akan menyelimuti bayinya rapat-rapat..

      Untuk daya tahan tubuh drop bukan karena dibawa bepergian naik sepeda motor. Jika memang daya tahan tubuh menurun bisa akibat malnutrisi energi protein (MEP), penyakit menahun, pengobatan antibiotik yang tidak sempurna dll.. ;-)

  59. lissa lie October 18, 2011 at 2:26 pm #

    hallo,gabung dunk mau tnya niy aku ibu muda niy umurku 20thn.aku mau kuliah tp susah ninggalin anakku.dia gk mau sufor tp maunya asi.umurnya 6bln skrng. Bgaimana cra biar dia bsa minum sufor ya? Thx

    • tipsbayi November 18, 2011 at 3:03 am #

      @ lissa lie,

      Selamat bergabung.. ;-)

      Gak mau sufor..? itu bagus..! kadang ada banyak bayi yang gak mau ASI. Padahal Meskipun susu formula terlihat bisa mengganti ASI, akan tetapi Susu terbaik untuk bayi Adalah ASI.. Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

      Dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

      Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

      ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal.. ;-)

      Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

      Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

      Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

      Anda bisa baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

      Anda bekerja..? Sebenarnya Anda masih bisa memberikan ASI saja tanpa sufor meskipun Anda sibuk bekerja di luar rumah.. Anda bisa memerah/ memompa ASI Anda ketika Anda sedang dirumah, simpan ASI perahan pada botol di lemari es atau freezer, berikan ASI tersebut pada bayi Anda oleh anggota keluarga yang lain ketika Anda tidak sedang dirumah. Jangan lupa hangatkan terlebih dahulu ASI tersebut, dengan cara merendamnya di wadah yang berisi air panas..

      Anda bisa mengeluarkan ASI dengan tangan, pompa ASI manual, ataupun pompa ASI listrik yang banyak dijual di toko-toko perlengkapan bayi. Kami sarankan Anda untuk mencoba dan melihat sendiri mana yang baik untuk Anda.

      Di tempat bekerja, Anda dapat memerah ASI 2-3 kali (setiap 3 jam). Pengeluaran ASI dapat membuat Anda merasa nyaman dan mengurangi ASI menetes.

      Simpan ASI di lemaari es dan dibawa pulang dengan termos es saat Anda selesai bekerja. Anda juga bisa menyimpannya dalam termos yang diberi es batu atau blue ice. Kegiatan menyusui dapat dilanjutkan pada malam hari, pagi hari sebelum berangkat, dan waktu luang Anda. Keadaan ini akan membantu produksi ASI tetap tinggi..

  60. lia October 3, 2011 at 2:55 pm #

    tips bayi, bayi saya 14 bulan, saya ada rencana untuk bepergian menggunakan pesawat, untuk take off dan landing apa yang saya lakukan untuk bayi saya mengingat bayi saya sudah tidak ASI lagi..
    mohon infox ya,
    terima kasih…

    • tipsbayi October 4, 2011 at 5:19 am #

      @lia,

      Pada waktu lepas landas dan mendarat, untuk bayi usia sekitar 3 bulan, anda diharuskan menggendongnya karena tidak mendapat kursi sendiri. Namun anak Anda usianya sudah 14 bulan (sebenarnya bukan bayi lagi ya, tapi sudah masuk Batita), ia bisa diletakkan di pangkuan. Pada waktu lepas landas sampai ketinggian jelajah, dan pada waktu turun, susui, atau beri minuman di botol untuk menghindari sakit di telinga.

  61. bunda Haafizh September 21, 2011 at 3:17 am #

    tips bayi……
    mohon segera di jawab ya ….. pentingg

  62. Lili Arief September 20, 2011 at 8:24 am #

    Tips mo tanya, apa saja yang perlu dipersiapkan untuk anak saya usia 15 bulan dan masih minum ASI dalam perjalanan ke Luar negri ( Belanda ),Sebelum keberangkatan, selama penerbangan dari Jogja-Jakarta-Amsterdam. Tolong info selengkap-lengkapnya ya tips, cz 1st long trip niy :D

    • tipsbayi September 22, 2011 at 7:05 am #

      @ Lili Arief,

      Tepat sekali jika Anda melakukan konsultasi dengan dokter dan cek keadaan si kecil secara keseluruhan sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan ..

      Dan selain tips dan kelengkapan diatas, sebenarnya hampir semua maskapai penerbangan sudah mempersiapkan fasilitas standar internasional yang aman untuk bayi Anda.. Anda bisa memastikannya sebelum Anda booking tempat untuk perjalanan..

      Selamat menikmati perjalan.. Ingat.. Buatlah buah hati Anda nyaman.. ;-)

  63. bunda Haafizh September 16, 2011 at 3:26 am #

    Dears Tips bayi,sya mau tanya, anak sya skrg berumur 4 bln 10 hr, rencana minggu depan mau dibawa plg kampung (padang sidempuan) rencana naik pesawat dari banda aceh – medan trus medan-p.sidmpuan kira2 45 menit perjalanan.
    y saya mau tanyakan boleh tidak kmi naik pesawat kecil sejenis merpati ato susi air ? aman tidak utk bayi sya atau lebih aman naik bus??

    • tipsbayi September 22, 2011 at 6:12 am #

      @ bunda Haafizh,

      Bila bayi Anda sehat boleh-boleh saja..

      Perjalanan dengan pesawat akan lebih cepat sampai ketimbang naik kendaraan lain. Hanya perlu diperhatikan pengaruh tekanan udara yang tinggi terhadap telinga. Periksakan dan konsultasikan dahulu dengan DSA. Untuk mengurangi tekanan udara, Anda bisa memberi bayi Anda empeng dot. Ia juga perlu diberi minum banyak selama perjalanan untuk menghindari kekeringan, mengingat perjalanan udara sifatnya mengeringkan. Jika Anda menyusui, Anda pun harus banyak minum..

      Seorang bayi boleh dan aman diajak bepergian sejak usia 2 minggu (tentunya dengan persiapan matang), beberapa ahli menyatakan usia aman untuk bayi bepergian adalah di atas 2 bulan tapi karena di usia 2 minggu hampir semua organ tubuh bayi sudah terbentuk dengan baik, termasuk saluran tube eustachius, kematangan saluran yang menghubungkan hidung dan telinga ini sangat dibutuhkan bayi untuk beradaptasi menghadapi perubahan tekanan udara (terutama kala bepergian dengan pesawat). Karena jika belum matang, perubahan tekanan udara di pesawat bisa merusak indra pendengarannya.

      Argumen lain, beberapa kelainan kongenital, seperti kelainan jantung atau paru-paru, sudah bisa dideteksi setelah bayi berusia dua minggu. Dengan demikian, dokter bisa memberikan penanganan yang tepat. Dengan beberapa persiapan dan ditunjang kondisi fisik bayi yang sehat, tidak ada masalah bagi bayi bepergian di bawah 2 bulan, tapi tepatnya konsultasikan dengan dokter anak Anda tentang kesehatan anak Anda.. ;-)

  64. utami September 15, 2011 at 4:50 am #

    kami punya anak baru berumur 10 hari, namun dari mulai lahir hobinya bo2 cuma klo malam sktr jam 12 bangun 1 s/d 2 jam baru bo2 lg dan pada saat akan mandi pagi dan sore hari. kebiasaan tersebut bagaimana dampak terhadap pertumbuhan otak maupun fisik bayi? Mksh

    • tipsbayi September 22, 2011 at 6:02 am #

      @ utami,

      Pertumbuhan otak pada bayi seusia itu memang ketika tidur.. Jangan khawatir dengan pola tidurnya.. pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas.. ;-)

      Menyusunya kuat..? Berikan terus ASI, pertahankan ASI eksklusif sampai usia 6 bulan dan dilanjutkan pemberian ASI sampai usia 2 tahun meskipun sudah diberikan MPASI..

  65. Nuri September 9, 2011 at 12:40 pm #

    Tisp,aga skr umr 17 bln,rncana sy akan ajak aga tinggl di jkrt ikut suami krn sjk lhr tinggl dikampung brsama kakek nenekny.gni tips,kira2 aga bs krasan ga ya tinggl ditmpt yg baru,krn selama ini aga tdk prnh lepas dari kakek nenekny?sy takut aga ga krasan dn nyari kakek nenekny,,,

    • tipsbayi September 22, 2011 at 4:27 am #

      @ Nuri,

      Insya Allah bisa.. kemungkinan untuk awal memang perlu sedikirt adaptasi.. itu wajar.. ;-)
      Nantinya akan terbiasa juga kok..

  66. masbro August 26, 2011 at 6:52 am #

    permisi mau tanya.. bayi saya umur 1 bulan.. apakah pemasangan AC untuk kamarnya berbahaya? lebih baik dengan atau tanpa AC – menggunakan kipas angin saja? saya banyak baca artikel bahwa AC justru berbahaya sekali buat bayi..karena udaranya itu itu saja..namun kita sebagai orang tua juga gak tega liat si bayi kepanasan.. mohon penjelasannya yang lengkap ya Pak Bu :) terima kasih

    • tipsbayi August 29, 2011 at 3:15 am #

      @ masbro,

      Ya jelas lebih baik tanpa AC.. alami, maka buatlah fentilasi ruangan sebaik mungkin. Akan tetapi boleh-boleh saja sesekali bayi Anda berada dlam ruangan ber-AC. Dapat diatur dengan suhu antara 25-26 derajat celcius.., Sebab, bayi yang menghirup udara terlalu dingin lebih mudah mengalami iritasi atau penurunan saluran pernapasan atas. Hindarkan barang-barang yang berbau menyengat dalam ruangan ber-AC, Suhu tubuh bayi harus selalu dalam kisaran 36,5º – 37,5ºC. jaga jangan sampai suhu ruangan terlalu dingin, antara 27º – 28ºC..

      Jadi.. tidak apa-apa Anda gunakan AC atau kipas angin, asalkan diperhatikan agar bayi Anda tidak terkena hembusan langsung kipas angin atau AC yang sedang dipasang.

      Selain itu, sebaiknya Anda memperhatikan juga kebersihan AC maupun kipas angin dengan membersihkannya secara teratur. Sebab, kotoran atau debu dari kipas atau AC itulah justru yang menyebabkan tidak sehat.. ;-)

  67. Mama nisa August 16, 2011 at 1:31 am #

    Seklian nih..tips sy mw tnya…anak sy berumur 5bln 3minggu,minggu depan kami berencana untuk pulang kampung perjalanan sktr 7jm dng mobil pribadi,kira2 bayi sy akan kuat ga ya menempuh perjalanan tersebut?alhmdlh anak sy sehat walafiat

  68. Herni nopiani August 16, 2011 at 1:26 am #

    Ikutan gabung ya…sy tertarik sm info tentang bayi nya…

    • tipsbayi August 29, 2011 at 2:43 am #

      @ Herni nopiani,

      Selamat bergabung.. ;-)

      Insya Allah kuat.. selain Anda ikuti tips-tips diatas Anda juga harus selalu memperhatikan KENYAMANAN bayi Anda dalam perjalanan.. :-)

  69. gejala penyakit July 25, 2011 at 7:37 am #

    saya berencana bawa bayi juga naik kereta api mudik lebaran. terima kasih informasinya.

    BR//

  70. Bundanya Dzikri July 12, 2011 at 1:58 am #

    Dears Tips bayi,sya mau tanya setelah lebaran anak sya yg berusia 3 bulan akan saya ajak ke jakarta menggunakan bus dg perjalnan kira2 dr pemalang ke jakarta 10 s/d 12 jam krn pantura macet,untuk umur 3 bulan sbnrnya perjalnan jauh lbh baik menggunakan bus,atau kereta????,perlengkapan yg hrs dibawa apa saja ? Mohon jawabanbya trimakasih

    • tipsbayi July 20, 2011 at 3:31 am #

      @ Bundanya Dzikri,

      Selama di perjalanan menggunakan apapun, akan lebih baik jika si bayi tetap berada dalam pangkuan atau dekapan Anda. Selain akan memberinya rasa hangat, secara psikologis bayi Anda akan merasa aman dan terlindungi. Ia merasa tenteram dalam kasih sayang ibu. Jangan taruh bayi di keranjang atau diberikan pada babysitter. Tapi perlakukan bayi Anda senormal dan sealami mungkin bahwa Anda memberikan kasih sayang pada anak.. ;-)

      Apa kesehatan bayi Anda baik..? Untuk perjalanan jauh Anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Perhatikan kenyamanan bayi Anda, bepergian pada malam hari akan lebih tenang untuk bayi. Akan tetapi untuk bayi Anda, seumuran itu kondisi fisiknya belum stabil masih ada kemungkinan terganggu dengan berbagai kondisi perjalanan, jadi selain Anda ikuti tips-tips diatas Anda juga harus selalu memperhatikan KENYAMANAN bayi Anda dalam perjalanan.. :-)

      Kalau terpaksa naik kereta api, sebaiknya pesan tiket beberapa hari sebelumnya agar dapat memilih gerbong dan tempat duduk yang nyaman bagi bayi Anda. Jangan lupa pilih gerbong yang bebas rokok. Jika kereta apinya padat penumpang dan perjalanan akan panjang, lebih baik Anda juga membeli tiket tempat duduk untuk bayi Anda..

      nsya Allah apabila kita mengikuti prosedur dan tips dalam perjalanan dengan baik.. tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.. :-)
      Tips-tips di atas adalah salah satu panduan Anda ketika membawa anak Anda bepergian..

      Intinya buatlah perjalanan senyamaman mungkin. Perhatikan jadwal makan minum, suhu ruangan kendaraan, seringlah melakukan istirahat dan rileks.. jangan lupa pantau terus keadaan anak Anda..

  71. ova July 5, 2011 at 8:08 am #

    Dear Tips Bayi, tahun ini akan mudik lebaran ke Surabaya membawa kendaraan pribadi, tetapi rencananya saya akan bermalam di tengah perjalanan biar anak saya tidak terlalu capek, cuman saya takut kalau anak saya bosan atau sakit, apa yang bisa membuat anak saya nggak bosen ya karena perjalanan ini bisa menempuh waktu 2hari 2malam. saya juga telah menyiapkan car seat dan saya buat tempat tidur juga di dalam mbl, cuman saya ngeri kalo anak tidak duduk di car seat karena sangat berbahaya, please advice agar perjalanan menjadi aman dan nyaman dan tidak membosankan buat si kecil karena anak saya sangat aktif sekali, thx

  72. Diandra Aina May 30, 2011 at 3:08 am #

    Dear tips bayi, saya mau tanya nih, anak saya berumur 1,5 bulan, bolehkah melakukan perjalanan memakai pesawat dengan tujuan palembang – jakarta (50 menit) langsung dilanjutkan ke jakarta – medan (2 jam) ? Tips2 apa agar anak saya tidak rewel selama di perjalanan ? Dan persiapan apa yang diperlukan ? Rencananya saya akan melakukan perjalanan tanggal 1 Juni 2011. Mohon infonya. Tkhs

  73. Diandra Aina May 30, 2011 at 3:04 am #

    Dear tips bayi, saya mau tanya nih, anak saya berumur 1,5 bulan, bolehkah melakukan perjalanan memakai pesawat dengan tujuan palembang – jakarta (50 menit) langsung dilanjutkan ke jakarta – medan (2 jam) ? Tips2 apa agar anak saya tidak rewel selama di perjalanan ? Dan persiapan apa yang diperlukan ? Mohon infonya. Tkhs

    • tipsbayi July 18, 2011 at 3:04 am #

      @ Diandra Aina,

      Bila bayi Anda sehat boleh-boleh saja.. ;-)

      Seorang bayi boleh dan aman diajak bepergian sejak usia 2 minggu (tentunya dengan persiapan matang), beberapa ahli menyatakan usia aman untuk bayi bepergian adalah di atas 2 bulan tapi karena di usia 2 minggu hampir semua organ tubuh bayi sudah terbentuk dengan baik, termasuk saluran tube eustachius, kematangan saluran yang menghubungkan hidung dan telinga ini sangat dibutuhkan bayi untuk beradaptasi menghadapi perubahan tekanan udara (terutama kala bepergian dengan pesawat). Karena jika belum matang, perubahan tekanan udara di pesawat bisa merusak indra pendengarannya.

      Argumen lain, beberapa kelainan kongenital, seperti kelainan jantung atau paru-paru, sudah bisa dideteksi setelah bayi berusia dua minggu. Dengan demikian, dokter bisa memberikan penanganan yang tepat. Dengan beberapa persiapan dan ditunjang kondisi fisik bayi yang sehat, tidak ada masalah bagi bayi bepergian di bawah 2 bulan, tapi tepatnya konsultasikan dengan dokter anak Anda tentang kesehatan anak Anda.. ;-)

      Salah satu dan paling banyak penyebab bayi rewel ketika sehat adalah “tidak nyaman.. ” Jadi solusinya, buatlah bayi Anda senyaman mungkin..

  74. eky May 12, 2011 at 8:43 am #

    Dear tips baby, saya mau tanya nih temenku bila ingin berpergian dia selalu membuat susu formula langsung dr rumah dan disimpan pada termos kecil dan tetap panas/hangat jika bayi haus kita tinggal tuang saja & tambahkan air putih sedikit biar tidak terlalu panas..mungkin cara seperti itu bisa dibilang lebih praktis tapi saya bingung apakah cara seperti itu baik diminum pada bayi & bagaimana memberi takaran untuk membuatnya??? mohon infonya..trim’s

    • tipsbayi May 19, 2011 at 3:43 am #

      @ eky,

      Cara seperti itu bagus dan praktis bu.. Memang untuk takarannya tidak seakurat dengan cara langsung per porsi.. Tapi Anda bisa membiasakan dengan mengetahui rasa adan kekentalan sufor abayi Anda.. Anda cicipi dulu sebelum Anda berikan pada buah hati Anda.. ;-)

      Anda bisa masukan sufor pada termos dengan perbandingan lebih kental dari seharusnya, setelah itu setiap disajikan Anda bisa mengontrol dan memperkirakan kekentalan dan rasanya dengan cara dicicipi.. Lama-lama Anda akan terbiasa dan terlatih menyicipi rasa sufor bayi Anda..

  75. Bunda keylani March 24, 2011 at 8:13 am #

    Dear tips baby… Aq mau tanya neh umur anakku key skrng 2 bln lebih 20hari, rencananya kami ingin bepergian ke sby dengan pesawat tapi kata orang takut sakit gendang telinganya.. Gmana menurut tips bayi. Thx

    • tipsbayi April 6, 2011 at 3:26 am #

      @ Bunda keylani,

      Perjalanan dengan pesawat akan lebih cepat sampai ketimbang naik kendaraan lain. Hanya perlu diperhatikan pengaruh tekanan udara yang tinggi terhadap telinga. Periksakan dan konsultasikan dahulu dengan DSA. Untuk mengurangi tekanan udara, Anda bisa memberi bayi Anda empeng dot. Ia juga perlu diberi minum banyak selama perjalanan untuk menghindari kekeringan, mengingat perjalanan udara sifatnya mengeringkan. Jika Anda menyusui, Anda pun harus banyak minum..

      Beberapa ahli menyatakan usia aman untuk bayi bepergian adalah di atas 2 bulan tapi karena di usia 2 minggu hampir semua organ tubuh bayi sudah terbentuk dengan baik, termasuk saluran tube eustachius, kematangan saluran yang menghubungkan hidung dan telinga ini sangat dibutuhkan bayi untuk beradaptasi menghadapi perubahan tekanan udara (terutama kala bepergian dengan pesawat). Karena jika belum matang, perubahan tekanan udara di pesawat bisa merusak indra pendengarannya.
      Argumen lain, beberapa kelainan kongenital, seperti kelainan jantung atau paru-paru, sudah bisa dideteksi setelah bayi berusia dua minggu. Dengan demikian, dokter bisa memberikan penanganan yang tepat. Dengan beberapa persiapan dan ditunjang kondisi fisik bayi yang sehat, tidak ada masalah bagi bayi bepergian di bawah 2 bulan, tapi tepatnya harus dikonsultasikan dengan dokter sebelum bepergian mengingat kondisi kesehatan anak akan berbeda.. ;-)

  76. Reto March 18, 2011 at 4:17 am #

    Dear Tips Bayi

    Saya mau tanya, nak saya skrng berusia 7 bulan kalua saya bawa berperdian ke luar kota tepatnya ke blitar jawa timur dengan menggunkan kendaraan pribadi itu gimana ya
    amankah untuk bayi saya?mohon jawabannya. terimakasih

    • tipsbayi April 6, 2011 at 3:17 am #

      @ Reto,

      Pada usia 7 bulan kondisi bayi sudah stabil, jadi bisa lebih aman.
      Dengan mobil pribadi.. selain lebih aman untuk kesehatan bayi Anda, di dalamnya memuat bayi Anda bersama orang-orang yang sudah dikenalnya seperti orangtua atau keluarga dan babysitter-nya. Juga, perjalanan dengan kendaraan pribadi membuat Anda bisa mengatur waktu. Bila jarak yang ditempuh cukup panjang, usahakan berhenti setiap dua jam sekali. Lalu bawa si bayi keluar mobil sekadar untuk membuatnya bergerak bebas dan Anda bebas mem beri ASI.. ;-)

      Selama di perjalanan menggunakan apapun, akan lebih baik jika si bayi tetap berada dalam pangkuan atau dekapan Anda. Selain akan memberinya rasa hangat, secara psikologis bayi Anda akan merasa aman dan terlindungi. Ia merasa tenteram dalam kasih sayang ibu. Jangan taruh bayi di keranjang atau diberikan pada babysitter. Tapi perlakukan bayi Anda senormal dan sealami mungkin bahwa Anda memberikan kasih sayang pada anak.. ;-)

  77. Dian March 10, 2011 at 10:23 am #

    Bayi saya berusia 2 bulan. Rencana saya akan pindah ke luar kota, perkiraan perjalanan sekitar 5 jam. Amankah bayi seusia tsb dibawa? Selain memakai car seat apakah boleh jika hanya dipangku saja? Trus yang aman memakai ac atau angin alami saja jika seandainya saya menggunakan mobil pribadi? Karena perjalanan saya mulai dari jam 1 siang. Adakah tips atau cara agar bayi saya aman & sehat saja saat perjalanan ataupun setelah tiba di tempat tujuan? Mohon jawabannya, trimakasih..

    • tipsbayi March 16, 2011 at 6:35 am #

      @ Dian,

      Apa kesehatan bayi Anda baik..? Untuk perjalanan jauh Anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Perhatikan kenyamanan bayi Anda, bepergian pada malam hari akan lebih tenang untuk bayi. Akan tetapi untuk bayi Anda, seumuran itu kondisi fisiknya belum stabil masih ada kemungkinan terganggu dengan berbagai kondisi perjalanan, jadi selain Anda ikuti tips-tips diatas Anda juga harus selalu memperhatikan KENYAMANAN bayi Anda dalam perjalanan.. :-)

      AC mobil dapat digunakan dengan suhu antara 25-26 derajat celcius.., hindarkan barang-barang yang berbau menyengat dalam ruangan ber-AC, perhatikan selalu suhu ruangan mobil, perubahan yang drastis sangat berbahaya. Karena suhu yang tinggi, proporsi air yang hilang dibandingkan berat tubuh pada bayi, lebih besar daripada orang dewasa.

      Selama di perjalanan menggunakan apapun, akan lebih baik jika si bayi tetap berada dalam pangkuan atau dekapan Anda. Selain akan memberinya rasa hangat, secara psikologis bayi Anda akan merasa aman dan terlindungi. Ia merasa tenteram dalam kasih sayang ibu. Jangan taruh bayi di keranjang atau diberikan pada babysitter. Tapi perlakukan bayi Anda senormal dan sealami mungkin bahwa Anda memberikan kasih sayang pada anak.. ;-)

  78. fitri January 26, 2011 at 2:32 am #

    tips..umur berapa sih yang aman untuk bayi buat dibawa berkendara naik motor ( sekitar 1 jam perjalanan)?kalo yang deket2 aja boleh nggak?trus kalo boleh bisa nggak tiap hari ato seminggu sekali?

    • tipsbayi January 29, 2011 at 6:59 am #

      @ fitri,

      Sebenarnya tidak dianjurkan untuk membawa bayi dengan motor, apalagi jika perjalanannya jauh dan bayinya masih sangat kecil. Perhatikan keamanan bayi Anda, karena posisi duduk berhadapan dengan Anda adalah posisi paling bagus ketika membawa bayi naik motor.. maka sebaiknya Anda membawa bayi Naik motor setelah berusia 7-8 bulan, karena usia paling tepat memekeh bayi yaitu saat bayi sudah bisa duduk sendiri tanpa dibantu, biasanya umur 7-8 bulan. Jangan biarkan bayi Anda terkena hembusan angin langsung, kalau bisa hindari perjalanan jauh dengan sepeda motor.. :-)

      Bahaya yang terjadi ketika bayi digendong oleh ibunya yang dibonceng mengendarai motor, adalah kekurangan oksigen. Biasanya kan si bayi digendong oleh ibunya di jok belakang motor dan biasanya karena takut bayinya masuk angin dan terkena panas matahari, si ibu akan menyelimuti bayinya rapat-rapat.

      Nah, terkadang ada kasus dimana si bayi kekurangan oksigen dan akhirnya tidak sadarkan diri bahkan hingga menemui kematian.

      Jadi.. hati-hatilah jika membawa bayi dengan mengendarai motor, apalagi untuk jarak jauh… lebih baik menggunakan transportasi umum..

      Jarak dekat? Boleh saja dengan memperhatikan kecepatan dan kenyamanan perjalanannya. Hindari keramaian, kemacetan dan cuaca panas..

  79. Nauli - mommy Kayla January 21, 2011 at 4:06 pm #

    Dear Tips bayi,
    Jangan bosen yach, Kayla – 9 bulan 2 minggu bulan Februari akan memulai perjalanan terjauhnya yang pertama ke Bandung dengan mobil pribadi. Thanks untuk tipsnya, hanya saja Kayla dari 6 bulan tidak pernah sekalipun makan makanan instan, selalu saya buat sendiri. Adik saya yang juga akan ikut menyarankan untuk membawa makanan instan supaya tidak repot, tetapi saya masih mencari informasi yang lebih banyak lagi.
    Bantu advice dong mengenai makanan yang dibawa saat berpergian jauh :)
    Thanks yach

  80. Nauli-mommy Kayla January 21, 2011 at 2:17 pm #

    Dear Tips bayi…
    Jangan bosen sama aq yah :) Kayla 1 minggu lagi akan mengikuti perjalanan jauh yang pertama bagi dia ke Bandung. Kami sekeluarga akan pergi berkendaraan mobil. Semua perlengkapan di atas akan saya lengkapi supaya perjalanan jadi nyaman. Hanya saja Kayla dari 6 bulan tidak pernah sama sekali makan makanan instan. Pertanyaan saya :
    Bagaimana dengan makanan Kayla nanti yah ? Adik saya menyarankan untuk bawa makanan instan supaya tidak repot , tapi koq kurang sreg. Mohon advice.

    • tipsbayi January 29, 2011 at 6:18 am #

      @ Nauli-mommy Kayla,

      Wah.. semoga belum terlambat nih.. ;-)
      Bagus sekali Kayla tidak mendapatkan makanan instan. Selagi bepergian pun Anda tetap bisa memberikan makanan buatan Anda yang agak tahan lama, seperti biskuit dan kue-kue basah. Oh ya.. sejauh apa perjalanannya? Maksudnya Anda menuju bandung dari mana? Jakarta? Sepertinya kalau dari jakarta atau sekitarnya, Anda masih bisa membawa nasi tim buatan Anda yang disimpan dalam termos makanan. Dan setelah Anda sampai tujuan, Anda bisa membuat makanan fresh untuk Kayla..

      Tapi.. ya meskipun diberikan makanan instan ketika perjalanan jauh, tidak setiap hari kan..? Kepepet boleh lah.. asal jangan keseringan.. ;-)

  81. nuri bundany jagad January 8, 2011 at 12:53 pm #

    tips,jagad umr 9,5bulan skr.sjk jagad lhr kami tggl diponorogo rmh ortu ak.sdgkn suami dijkt.rncna ak pgn ajak jagad kembali ke jkt.lbh aman mn y,naek bus ato kreta api?gmn y mbuat prjln g membosankn bt jagad krn ankny sgt aktf g bs diem?

    • tipsbayi January 17, 2011 at 4:47 am #

      @ nuri bundany jagad,

      Untuk Jagad, perjalanan akan lebih nyaman dengan Kereta Api. Meskipun seusia Jagad sudah cukup aman dibawa pergi jauh, tapi tetap Anda harus selalu memperhatikan keselamatan dan kenyamanan dalam perjalanannya. Anda ikuti tips persiapan di atas, cari jadwal perjalanan malam, ketika jagad terbangun ajaklah Jagad banyak bermain agar tidak membosankan. Berikan makan sesuai jadwalnya, memberikan ASI atau menyusu ketika perjalanan akan mengurangi stress pada bayi Anda.. ;-)

      Semoga perjalanannya menyenangkan..

  82. tipsbayi January 2, 2011 at 2:07 pm #

    @ Lia,

    Sebenarnya tidak dianjurkan untuk membawa bayi dengan motor, apalagi jika perjalanannya jauh dan bayinya masih sangat kecil. Kalaun memang tidak ada pilihan lain Anda harus hati-hati.. perhatikan keamanan bayi Anda, posisikan bayi Anda dengan nyaman..jangan biarkan bayi Anda terkena hembusan angin langsung, banyak berhenti untuk istirahat kalau bisa hindari perjalanan jauh dengan sepeda motor.. :-)

    Bahaya yang terjadi ketika bayi digendong oleh ibunya yang dibonceng mengendarai motor, adalah kekurangan oksigen. Biasanya kan si bayi digendong oleh ibunya di jok belakang motor dan biasanya karena takut bayinya masuk angin dan terkena panas matahari, si ibu akan menyelimuti bayinya rapat-rapat.

    Nah, terkadang ada kasus dimana si bayi kekurangan oksigen dan akhirnya tidak sadarkan diri bahkan hingga menemui kematian.

    Maka..Hati-hatilah jika membawa bayi dengan mengendarai motor, apalagi untuk jarak jauh… lebih baik menggunakan transportasi umum…

  83. Lia December 19, 2010 at 1:38 am #

    Halo Tips..saya mau nanya,orang tua saya kan tinggal agak jauh dari saya (sekitar 40 km / 1 jam perjalanan),kalo saya sama baby pengen ke tempat mereka naik motor boleh nggak ya?umur baby saya 3 bulan 10 hari…saya pengennya 2 minggu atau sebulan sekali ke tempat ortu saya…tolong dijawab ya tips…thanks…

  84. iis October 29, 2010 at 1:37 am #

    dear tips bayi saya umur 10 hari, mau dibawa keluar kota sekitar 3 jam perjalanan, gamana ya????

    • tipsbayi November 2, 2010 at 3:33 am #

      @ iis,

      Apa kesehatan bayi Anda baik..? Untuk perjalanan jauh Anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Perhatikan kenyamanan bayi Anda, memang bepergian pada malam hari akan lebih tenang untuk bayi. Akan tetapi untuk bayi Anda, seumuran itu kondisi fisiknya belum stabil masih ada kemungkinan terganggu dengan berbagai kondisi perjalanan, jadi selain Anda ikuti tips-tips diatas Anda juga harus selalu memperhatikan KENYAMANAN bayi Anda dalam perjalanan.. :-)

      AC mobil dapat digunakan dengan suhu antara 25-26 derajat celcius.., hindarkan barang-barang yang berbau menyengat dalam ruangan ber-AC, perhatikan selalu suhu ruangan mobil, perubahan yang drastis sangat berbahaya. Karena suhu yang tinggi, proporsi air yang hilang dibandingkan berat tubuh pada bayi, lebih besar daripada orang dewasa.

      Selama di perjalanan menggunakan apapun, akan lebih baik jika si bayi tetap berada dalam pangkuan atau dekapan Anda. Selain akan memberinya rasa hangat, secara psikologis bayi Anda akan merasa aman dan terlindungi. Ia merasa tenteram dalam kasih sayang ibu. Jangan taruh bayi di keranjang atau diberikan pada babysitter. Tapi perlakukan bayi Anda senormal dan sealami mungkin bahwa Anda memberikan kasih sayang pada anak.. ;-)

  85. nuke October 28, 2010 at 3:19 pm #

    Apakah aman bagi baby saya umur 2 bulan utk melakukan perjalanan via pesawat selama 1 jam? Selain peralatan/perlengkapan yg sdh ditulis di atas, apalagi yg harus dipersiapkan dan ditanyakan kpd pihak maskapai penerbangan? Mohon sarannya. Terimakasih

    • tipsbayi November 2, 2010 at 3:27 am #

      @ nuke,

      Sebenarnya bayi usia dua bulan atau lebih sudah bisa melakukan perjalanan dengan pesawat. Bahkan, menurut peraturan di sebuah maskapai penerbangan Indonesia, bayi yang lahir cukup bulan dan tidak memiliki gangguan jantung dan pernafasan, boleh melakukan penerbangan sejak usia tujuh hari.

      Namun tak ada salahnya jika Anda melakukan konsultasi dengan dokter dan cek keadaan si kecil secara keseluruhan sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan dengan pesawat…

      Dan selain tips dan kelengkapan diatas, sebenarnya hampir semua maskapai penerbangan sudah mempersiapkan fasilitas standar internasional yang aman untuk bayi Anda.. Anda bisa memastikannya sebelum Anda booking tempat untuk perjalanan..

      Selamat menikmati perjalan.. Ingat.. Buatlah buah hati Anda nyaman.. ;-)

  86. asti October 14, 2010 at 12:40 am #

    umur bayi saya 6 bulan…..apakah sudah bisa pake gendongan ransel?????

  87. asti October 13, 2010 at 6:17 am #

    usia bayi saya 6 bulan…..apakah sudah bisa pake gendongan ransel

  88. martini October 13, 2010 at 4:36 am #

    bayi saya umurnya 6,5 bulan apakah boleh dipake gendongan ransel……

  89. martini October 13, 2010 at 4:35 am #

    bayi saya umurnya 6,5 bulan apakah boleh dipake gendongan ransel……

    • tipsbayi October 16, 2010 at 2:13 am #

      @ martini, asti,

      Digendong dengan GENDONGAN RANSEL berarti sama dengan dipekeh ya..?
      usia paling tepat memekeh bayi yaitu saat bayi sudah bisa duduk sendiri tanpa dibantu. Biasanya umur 7-8 bulan. Pada saat itu pinggangnya sudah kuat, jadi posisi mekeh tidak akan membahayakan dan tidak berdampak buruk. Namun disarankan saat memekeh anak harus bertahap mengenai durasi dan frekuensinya.. ;-)

      Usia bayi Anda 6,5 bulan.. Apakah sudah bisa duduk sendiri..?

  90. tipsbayi September 15, 2010 at 2:58 am #

    @ muhammad saputra,

    Apa kesehatan bayi Anda baik..? Untuk perjalanan jauh Anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Perhatikan kenyamanan bayi Anda, memang bepergian pada malam hari akan lebih tenang untuk bayi. Akan tetapi untuk bayi Anda, seumuran itu kondisi fisiknya belum stabil masih ada kemungkinan terganggu dengan berbagai kondisi perjalanan, jadi selain Anda ikuti tips-tips diatas Anda juga harus selalu memperhatikan KENYAMANAN bayi Anda dalam perjalanan.. :-)

    AC mobil dapat digunakan dengan suhu antara 25-26 derajat celcius.., hindarkan barang-barang yang berbau menyengat dalam ruangan ber-AC, perhatikan selalu suhu ruangan mobil, perubahan yang drastis sangat berbahaya. Karena suhu yang tinggi, proporsi air yang hilang dibandingkan berat tubuh pada bayi, lebih besar daripada orang dewasa.

    Semoga perjalanannya lancar dan selamat sampai tujuan.. ;-)

  91. muhammad saputra September 14, 2010 at 2:31 pm #

    dears tips,saya mau membawa bayi saya yang berumur 1 bulan dari banjarmasin ke samarinda jarak tempuh sekitar 650km, lama perjalanan sekitar 15 jam menggunakan mobil pribadi yang ber AC dan ada 1 jam nyebrang menggunakan kapal fery, bolehkah bayi saya dibawa kalo boleh adakah tips-tips biar bayi saya aman selama diperjalanan

  92. tipsbayi September 7, 2010 at 4:56 am #

    @ Ekosakti,

    Untuk frekuensi berhenti, lihat kondisi bayi saja, palagi hanya 2-3 jam perjalanan. Yang jelas, dia harus terhindar dari kepanasan yang berlebih. Bayi usia 4 bulan bisa terus bersama ibunya.

    Sudah lihat video ini: http://www.tipsbayi.com/index.php/video-bayi-berenang ?

    Hasil penelitian di Melbourne, Australia, menunjukkan, secara statistis IQ anak-anak yang diajarkan berenang sejak bayi lebih tinggi ketimbang anak-anak yang tak diajarkan berenang atau diajarkan berenang setelah usia 5 tahun. Anak-anak tersebut diukur IQ-nya ketika mereka berusia 10 tahun. Tak hanya itu, pertumbuhan fisik, emosional dan sosialnya pun lebih baik.

    Penelitian lain menunjukkan, bayi lebih gampang diajarkan berenang ketimbang orang dewasa, karena bayi tak pernah memiliki faktor X semisal bahaya. Bukankah bayi belum mengerti bahaya? Lagi pula, bayi sangat menyukai air sehingga ia pun akan suka diajak berenang. Nah, hal ini membuatnya jadi lebih mudah belajar berenang.

    Selain itu, bayi baru lahir hingga usia 3 bulan bisa langsung nyemplung ke dalam air tanpa takut tenggelam, karena pada usia tersebut, ia memiliki refleks melangkah yang banyak kegunaannya untuk berenang. “Refleks melangkah merupakan salah satu refleks yang menyertai bayi seperti halnya refleks menggenggam dan refleks berjalan,” jelas Dr. Karel Staa dari RS Pondok Indah, yang juga mantan perenang pemegang rekor 200 meter gaya dada pada 1960-1962.

    Jadi, bila kita meletakkan bayi usia di bawah 3 bulan di dalam air, secara otomatis ia akan menggerak-gerakkan kakinya menyerupai paddle dog sehingga tak tenggelam. Bisa dikatakan, pada usia di bawah 3 bulan bayi sudah bisa berenang dengan gaya primitif. Bukan berarti setelah usia tersebut, bayi tak bisa berenang lagi, lo. Kendati refleksnya sudah menghilang, ia tetap bisa melakukan gerakan berenang walaupun tak terorganisir atau acak-acakan. Soalnya, dengan ada gaya gravitasi, ia merasa ditekan dari bawah air sehingga ia bisa mengambang. Ia pun jadi senang.

  93. Ekosakti September 4, 2010 at 1:37 pm #

    haluu TB..
    kami punya bayi usia 4 bulan..lebaran mau diajak mudik 2-3 jam perjalanan..naik mobil pribadi, berapa frekuensi kami harus berhenti untuk istirahat ya?trus kalo ga pake kursi bayi gmn, hanya dipangku mamanya, ama sesekali mungkin di bobokin di jok belakang bagus ga ya?
    trus bayi usia 4 bulan boleh di berenangin pake pelampung yang dipasang di leher itu gak?
    apa efek positif n negatifnya?banyak yang + ato -

  94. tipsbayi September 1, 2010 at 4:28 am #

    @ Dini,

    Kami tekankan agar Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan Dokter Spesialis Anak (DSA) ataupun praktisi medis lainnya sebelum melakukan atau tidak melakukan suatu aksi medis terhadap bayi Anda. Kami pun menyarankan agar Anda mengikuti saran dan rekomendasi praktisi medis Anda.

    Semoga lekas sembuh ya…

  95. Dini August 31, 2010 at 2:49 am #

    Dear tipsbayi,

    SAya memiliki putri 11 bulan.Sudah dr malam minggu putri saya demam.minggu sore putri saya demam hingga 40,1.sampai selasa ini panas nya naik turun.hari minggu saya sudah bawa ke dokter spesialis anak,dokternya menyarankan jika panasnya belim turun baru periksa lab.tadi malam sekitar jam 1 putri saya muntah hingga 5 X.pagi ini panasnya masih 39.Apa yang harus saya lakukan??

  96. tipsbayi August 25, 2010 at 6:19 am #

    @ ninik,

    Sebenarnya bayi usia tiga bulan atau lebih sudah bisa melakukan perjalanan dengan pesawat. Bahkan, menurut peraturan di sebuah maskapai penerbangan Indonesia, bayi yang lahir cukup bulan dan tidak memiliki gangguan jantung dan pernafasan, boleh melakukan penerbangan sejak usia tujuh hari.

    Namun tak ada salahnya jika Anda melakukan konsultasi dengan dokter dan cek keadaan si kecil secara keseluruhan sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan dengan pesawat, mengingat bayi Anda memilii kondisi khusus…

  97. ninik August 24, 2010 at 7:27 pm #

    dear tipsbayi,
    anak sy berumur 4bln..renc akan sy bw bepergian dgn pesawat selama 1,5jam..kira2 hal apa sj yg perlu dilakukan dan diperhatikan pd pra-on going-pasca perjalanan mengingat anak sy menderita cleft palate…ditunggu jawabanx yah…thx b4

  98. tipsbayi August 23, 2010 at 3:38 am #

    @ Epik,

    Sudah dijawab di artikel satunya ya… :)

  99. Epik August 22, 2010 at 5:00 am #

    Dear Tips,bayi saya berumur 5bln saat ini kondisinya sedang batuk pilek tidak disertai demam,walaupun demikian bayi saya tetap aktif dan lincah seperti biasanya.apakah boleh mengajaknya bepergian naik pesawat karena kondisinya demikian dan kami berencana akan pulang ke Bali.Mohon infonya trims.

  100. tipsbayi June 9, 2010 at 2:43 am #

    ibu poppy:

    Kalau hanya untuk jarak dekat, masih tidak terlalu berbahaya, asalkan:

    - Didudukkan di antara bapak dan ibunya
    - Gunakan pakaian ekstra yang bisa melindungi dari terpaan angin, tapi juga jangan terlalu over proteksi sehingga dia sulit bernafas!
    - Lindungi si kecil dari sorotan sinar matahari langsung, apalagi kalau siang hari – lebih baik tidak usah
    - Jalankan motornya dengan kecepatan rendah

    Kita perlu perhatikan kenyamanan dan keselamatannya, jangan sampai lengah dari pengawasan karena sesaat saja lengah bisa berakibat fatal. Jadi apabila kita akan membawa anak kita jalan-jalan entah itu rekreasi atau shoping usahakan ada seseorang yang bertanggung jawab penuh memperhatikan anak Anda disamping Anda sendiri tentunya..

    Selain itu, untuk menghindari resiko jelek yang Anda takutkan maka Anda perlu pilih-pilih tempat yang akan Anda jadikan kunjungan. Pilih tempat yang kira-kira nyaman, hindari terik matahari berlebihan, hindari keramaian yang akan membuat anak Anda tidak nyaman.. ;-)

  101. tipsbayi June 9, 2010 at 1:58 am #

    Ana:

    Insya Allah apabila Anda mengikuti prosedur dan tips dalam perjalanan dengan baik.. tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.. :-)
    Tips-tips di atas adalah salah satu panduan Anda ketika membawa bayi Anda bepergian..

    Intinya buatlah perjalanan senyaman mungkin. Perhatikan suhu ruangan kendaraan, manfaatkan ketika bis berhenti untuk rileks, susui dengan ASI selama perjalanan agar bayi Anda lebih terasa nyaman dalam dekapan Anda.. jangan lupa pantau terus keadaan bayi Anda..

    Sempatkan sebelum Anda pergi untuk konsultasi dengan DSA, agar diketahui kondisi fisik bayi Anda saat akan di bawa bepergian.. ;-)

  102. tipsbayi June 9, 2010 at 1:24 am #

    Ibu restu:

    Oh.. mungkin bukan jel untuk penumbuh gigi, tapi penghilang sakit pada gusi yang mau tumbuh gigi.. :-)

    Dengan cara dioleskan dengan jari pada gusi, akan tetapi sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu..

  103. ibu poppy June 3, 2010 at 9:45 am #

    anak saya umur 5 bln boleh tdk klo sya bawa jalan2 ke mall2 dgn naik motor?thx

  104. Ana May 24, 2010 at 1:36 pm #

    Anak saya 4 bln rencananya mau kami bawa ke sumatra sekitar 2 hari naik bus berAC mohon tipsnya agar anak kami nyaman diperjalanan trims

  105. Ibu restu May 24, 2010 at 6:39 am #

    Thx infonya…Td saya baca ada jel tumbuh gigi untuk bayi yg masih dalam pertumbuhan gigi??jel yang gimana itu tips???biasanya dijual dimana?bagaimana cara menggunakan dan apa manfaatnya untuk gigi bayi…Thx…Bayi saya berumur 10 jalan 11 bulan

  106. tipsbayi May 17, 2010 at 3:53 am #

    Jai:

    Untuk mengurangi resiko, selain mengikuti berbagai tips dalam artikel di atas, Anda juga harus EKSTRA hati-hati ketika mengemudikan mobil Anda…

    Jika mungkin, ada baiknya Anda sering berhenti untuk istirahat, atau bahkan bermalam dulu di perjalanan seperti yang telah Anda rencanakan sebelumnya.

    Dan sebaiknya untuk mengetahui kondisi fisik bayi Anda apakah memungkinkan untuk dibawa perjalanan jauh, maka sebaiknya Anda periksakan dan konsultasikan dahulu pada DSA.. ;-)

  107. Jai May 14, 2010 at 4:16 am #

    Istri saya berencana melahirkan 3 minggu sebelum lebaran, jadi saya berniat membawa pulkam bayi saya yg kira2 berusia 3 minggu ke jawa timur dari Jakarta. Rencana bawa mobil pribadi dan akan bermalam di suatu daerah di jawa tengah. Kira2 ada perhatian khusus nggak yg diperlukan, dan amankah untuk si bayi nya sendiri…

  108. tipsbayi May 14, 2010 at 4:09 am #

    Hendra Philly:

    Sebaiknya, pakailah mobil pribadi. Selain lebih aman untuk kesehatan bayi Anda, di dalamnya memuat bayi Anda bersama orang-orang yang sudah dikenalnya seperti orangtua atau keluarga dan babysitter-nya. Juga, perjalanan dengan kendaraan pribadi membuat Anda bisa mengatur waktu. Bila jarak yang ditempuh cukup panjang, usahakan berhenti setiap dua jam sekali. Lalu bawa si bayi keluar mobil sekadar untuk membuatnya bergerak bebas dan Anda bebas mem beri ASI.. ;-)

    Kalau terpaksa naik kereta api, sebaiknya pesan tiket beberapa hari sebelumnya agar dapat memilih gerbong dan tempat duduk yang nyaman bagi bayi Anda. Jangan lupa pilih gerbong yang bebas rokok. Jika kereta apinya padat penumpang dan perjalanan akan panjang, lebih baik Anda juga membeli tiket tempat duduk untuk bayi Anda..

    Perjalanan dengan pesawat akan lebih cepat sampai ketimbang naik kereta api. Hanya perlu diperhatikan pengaruh tekanan udara yang tinggi terhadap telinga. Periksakan dan konsultasikan dahulu dengan DSA. Untuk mengurangi tekanan udara, Anda bisa memberi bayi Anda empeng dot. Ia juga perlu diberi minum banyak selama perjalanan untuk menghindari kekeringan, mengingat perjalanan udara sifatnya mengeringkan. Jika Anda menyusui, Anda pun harus banyak minum..

    Selama di perjalanan menggunakan apapun, akan lebih baik jika si bayi tetap berada dalam pangkuan atau dekapan Anda. Selain akan memberinya rasa hangat, secara psikologis bayi Anda akan merasa aman dan terlindungi. Ia merasa tenteram dalam kasih sayang ibu. Jangan taruh bayi di keranjang atau diberikan pada babysitter. Tapi perlakukan bayi Anda senormal dan sealami mungkin bahwa Anda memberikan kasih sayang pada anak.. ;-)

  109. Hendra Philly May 11, 2010 at 4:04 am #

    anak sy berusia 1bln, dan rencananya akan mengadakan perjalanan dr surabaya ke jakarta… Pertanyaan sy transportasi apa yg paling memenuhi syarat untuk perjalan kami (pesawat, kereta api, mobil pribadi)?? dan resikonya apa yg akan ditanggung bila kami memaksakan perjalanan??

  110. tipsbayi May 5, 2010 at 1:24 am #

    Ajeng Efriyanti:

    1. Insya Allah apabila kita mengikuti prosedur dan tips dalam perjalanan dengan baik.. tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.. :-)
    Tips-tips di atas adalah salah satu panduan Anda ketika membawa anak Anda bepergian..

    Intinya buatlah perjalanan senyamaman mungkin. Perhatikan jadwal makan minum, suhu ruangan kendaraan, seringlah melakukan istirahat dan rileks.. jangan lupa pantau terus keadaan anak Anda..

    2. Anak-anak pada dasarnya akan senang dengan suasana baru di luar rumah, apalagi apabila kita bawa ke tempat rekreasi. Yang penting.. kita perlu perhatikan kenyamanan dan keselamatannya, jangan sampai lengah dari pengawasan karena sesaat saja lengah bisa berakibat fatal. Jadi apabila kita akan membawa anak kita jalan-jalan entah itu rekreasi atau shoping usahakan ada seseorang yang bertanggung jawab penuh memperhatikan anak Anda disamping Anda sendiri tentunya..

    Selain itu, untuk menghindari resiko jelek yang Anda takutkan maka Anda perlu pilih-pilih tempat yang akan Anda jadikan kunjungan. Pilih tempat yang kira-kira nyaman, hindari terik matahari berlebihan, hindari keramaian yang akan membuat anak Anda tidak nyaman.. ;-)

  111. Ajeng Efriyanti May 3, 2010 at 3:31 am #

    1. bagaimana cara mengatasi agar anak usia -/+ 2 Th ketika d bawa bepergian dengan menggunakan mobil pribadi jarak 4 jam-/+ tidak mengalami kecapean, masuk angin/deman ??

    2. baik/tidak jika anak 2 th d bawa rekreasi/shopping dan semacamnya… apa resiko jeleknya ???

    mohon d balas terimakasih

  112. tipsbayi April 26, 2010 at 3:31 pm #

    mam Oi:

    Untuk ruam seperti itu, ada baiknya Anda periksakan ke DSA agar mendapatkan pemeriksaan yang seksama..

  113. tipsbayi April 26, 2010 at 3:25 pm #

    ria:

    Anda bisa membuat makanan alternatif seperti: kue mangkok, muffin, puding, omelet, biskuit buatan sendiri..

    Apabila memang agak kesulitan untuk membawa bekal makanan buatan sendiri. Untuk keadaan kepepet seperti itu Anda bisa saja memberikan makanan instan, asal jangan keterusan saja.. ;-)

  114. mam Oi April 23, 2010 at 2:38 pm #

    dear,
    saya mau tanya, anak saya berumur 8 bln, kemerahan di badan terutama di area vital. mungkin karena ruam popok tapi tidak sembuh2. walaupun sudah sy hentikan penggunaan pampers.sudah menggunakan antiseptik (detol cair), salep,semua peralatannya bersih, tapi selalu muncul terus gmn solusinya?
    thx

  115. ria April 22, 2010 at 1:31 pm #

    Dear tips bayi,

    saya mau membawa bayi saya yg berumur 10 bulan ke luar negri.
    perjalanan paling lama di pesawat 9 jam.
    bagaimana memberi makanannya supaya tidak harus pakai makanan instan?
    trima kasih.

  116. tipsbayi April 3, 2010 at 12:36 am #

    Tessar:

    Anda bisa praktekan pemijatan bayi seperti diatas.. ;-)
    Kemungkinan bayi Anda terlalu capek karena sudah perjalanan jauh, Jakarta Sumedang lumayan jauh untuk ukuran bayi Anda..

    Kemungkinan lainya bayi Anda belum bisa beradaptasi dengan suhu ruang.. Nangis adalah satu-satunya cara bayi Anda berkomunikasi untuk menyampaikan apa yang dirasanya tidak enak, bisa kaget, lapar, haus, gerah atau bahkan sakit.., maka Anda perlu mencari tahu apa penyebab bayi Anda menangis dengan teliti..
    Kalau hanya masalah adaptasi paling dalam beberapa hari bayi Anda akan kembali ceria seperti biasanya.. ;-)

  117. Tessar March 31, 2010 at 2:01 pm #

    Dear tipsbayi… Bayi saya berumur 7 bulan, br kmarin dibawa pulang kampung dr jakarta k sumedang (lg dingin2nya). Udah 2 malam ini ga bs berenti nangis bikin pusing isi rumah n tetangga. Ada tips ga ya?

  118. tipsbayi March 30, 2010 at 3:04 am #

    bunda daisy:

    Apa kesehatan bayi Anda baik..? Untuk perjalanan jauh Anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Perhatikan kenyamanan bayi Anda, memang bepergian pada malam hari akan lebih tenang untuk bayi, untuk bayi Anda yang sudah berusia 8 bulan kondisi fisiknya sudah cukup stabil meskipun masih ada kemungkinan terganggu dengan berbagai kondisi perjalanan. Jadi selain Anda ikuti tips-tips diatas Anda juga harus selalu memperhatikan KENYAMANAN bayi Anda dalam perjalanan.. ;-)

    AC mobil dapat digunakan dengan suhu antara 25-26 derajat celcius.., hindarkan barang-barang yang berbau menyengat dalam ruangan ber-AC, perhatikan selalu suhu ruangan mobil, perubahan yang drastis sangat berbahaya. Karena suhu yang tinggi, proporsi air yang hilang dibandingkan berat tubuh pada bayi, lebih besar daripada orang dewasa.

  119. bunda daisy March 29, 2010 at 3:35 am #

    Dear tips bayi,

    Mau tanya ank saya umur 8 bulan rencana mau saya ajak pulang kampung naik bus malam AC dengan perjalanaan sekitar 10-11 jam saya minta sarannya agar saya berpergian nanti bisa tenang mksh.

  120. tipsbayi December 23, 2009 at 3:42 am #

    nila:

    Bagaimana jenis car seat dan berat badan juga usia bayinya.. Misalnya ada jenis “Infant car seat”, yang diperuntukkan bagi bayi usia 0-1 tahun, dengan berat badan maksimal 10 kg. Car seat jenis ini dirancang sedemikian rupa sehingga dapat diputar sampai 45 derajat.

    Yang penting car-seat untuk anak sampai beumur 3 tahun sebaiknya di pasang berlawanan dengan arah laju kendaraan, alasannya adalah tingkat keamanan yang lebih baik, karena lebih ringannya beban yang akan dialami oleh kepala dan dada
    pada saat terjadi benturan. Yang lebih penting, beban yang diterima oleh leher dan tulang belakang hanya sepertiga daripada jika menghadap ke depan.

  121. tipsbayi December 23, 2009 at 3:04 am #

    nina:

    Sepertinya terlihat lebih aman Anda letakan di keranjang bayi daripada Anda geletakan di atas jok mobil yang hanya diganjal. Hanya saja perlu diperhatikan jangan sampai benda-benda disekelilingnya selimut atau guling misalnya bisa menghalangi dan mengganggu jalan pernafasannya.

    Untuk mengurangi resiko, selain mengikuti berbagai tips dalam artikel di atas, Anda juga harus EKSTRA hati-hati ketika mengemudikan mobil Anda…

    Jika mungkin, ada baiknya Anda sering berhenti untuk istirahat, atau bahkan bermalam dulu di perjalanan.. ;-)

  122. nila December 21, 2009 at 4:46 am #

    Dear tips bayi
    Usia berapakah seorang bayi boleh duduk di car seat bila bepergian menggunakan mobil? Beberapa hari? 1 bulan? Atau berapa bulan?

  123. nina December 21, 2009 at 3:43 am #

    Dear tips bayi,
    Mau nanya, berhubung saya tidak punya car seat,gimana caranya membawa bayi 1bln di mobil selaindigendong?saya khawatir ketiduran. Apakah boleh diletakkan di jok mobil dan diganjal? Atau diletakkan di keranjang bayi yang dasarnya agak keras? Thx

  124. tipsbayi November 14, 2009 at 12:30 am #

    annisa:

    Kalau hanya untuk jarak dekat, seperti membawanya keliling perumahan masih tidak terlalu berbahaya, asalkan:

    - Didudukkan di antara bapak dan ibunya
    - Gunakan pakaian ekstra yang bisa melindungi dari terpaan angin, tapi juga jangan terlalu over proteksi sehingga dia sulit bernafas!
    - Lindungi si kecil dari sorotan sinar matahari langsung, apalagi kalau siang hari – lebih baik tidak usah
    - Jalankan motornya dengan kecepatan rendah

    Jika Anda ingin membawanya naik motor bersama Anda untuk jarak jauh, LEBIH BAIK jangan.

    Anak seusia itu belum kuat menahan terpaan angin. Terkadang, karena orang tua ingin melindungi bayinya dari terpaan angin, mereka memakaikan pakaian yang berlebihan kepadanya, bahkan ada yang menutupi seluruh tubuh si anak dengan kain selimut dsb.

    Praktek ini justru berbahaya, karena walaupun ia terlindung dari sengatan sinar matahari, tapi ia akan sulit bernafas…

    Jadi, jika untuk perjalanan jarak jauh, bayi akan lebih nyaman dan aman jika diajak bepergian menggunakan angkutan umum.

  125. annisa November 12, 2009 at 7:28 am #

    dear tips bayi, anak sy bln dpan brusia satu tahun. anak sy alhamdulillah sehat. pd saat ulang tahun’a suami sy mw mbawa anak sy jalan2 naik motor,, tp saya tdk setuju krn takut bdampak negatif untuk ksehatan anak sy yg msi 1 tahun dn bg sy masih rentan. yg sy mw tanyakn ap dampak daya tahan tubuh dn ksehatan’a bg anak yg msi brusia satu tahun dbwa brpergian dgn naik motor, mohon ulasan yg lengkap, spy saya bs mnjelaskn k bapak’a anak saya, trimakasih..

  126. Ayah Zheya September 17, 2009 at 9:15 am #

    Dear Tips Bayi, menyambung pertanyaan ilmul_kh sebenarnya umur berapakah bayi bisa diajak keluar pada malam hari baik menggunakan motor atau mobil? Trims atas jawabannya.

  127. tipsbayi September 12, 2009 at 3:58 am #

    Eka :

    Sebenarnya tidak dianjurkan untuk membawa bayi dengan motor, apalagi jika perjalanannya jauh dan bayinya masih sangat kecil. Kalaun tidak ada pilihan lain Anda harus hati-hati.. perhatikan keamanan bayi Anda, posisi duduk berhadapan dengan Anda lebih bagus..jangan biarkan bayi Anda terkena hembusan angin langsung, banyak berhenti untuk istirahat kalau bisa hindari perjalanan jauh dengan sepeda motor.. :-)

    Bahaya yang terjadi ketika bayi digendong oleh ibunya yang dibonceng mengendarai motor, adalah kekurangan oksigen. Biasanya kan si bayi digendong oleh ibunya di jok belakang motor dan biasanya karena takut bayinya masuk angin dan terkena panas matahari, si ibu akan menyelimuti bayinya rapat-rapat.

    Nah, terkadang ada kasus dimana si bayi kekurangan oksigen dan akhirnya tidak sadarkan diri bahkan hingga menemui kematian.

    Maka..Hati-hatilah jika membawa bayi dengan mengendarai motor, apalagi untuk jarak jauh… lebih baik menggunakan transportasi umum…

  128. tipsbayi September 12, 2009 at 3:47 am #

    ilmul_kh :

    Seberapa jauh mudik Anda..? Apa kesehatan bayi Anda baik..? Untuk perjalanan jauh perlu Anda pertimbangkan kembali, perhatikan kenyamanan bayi Anda, memang bepergian pada malam hari akan lebih tenang untuk bayi tetapi untuk bayi Anda seumuran itu kondisi fisiknya belum stabil masih ada kemungkinan terganggu dengan berbagai kondisi perjalanan, jadi kalaupun harus pergi selain Anda ikuti tips-tips diatas Anda juga harus selalu memperhatikan KENYAMANAN bayi Anda dalam perjalanan.. :-)

  129. Eka September 9, 2009 at 9:03 am #

    Hi tips, Anak kami umur 3bln, dan rencana mau diajak mudik perjalanan skitar 2 jam, naek speda mtr. Apakah diperbolehkan. Mohon pencerahannya. Thanks

  130. ilmul_kh September 7, 2009 at 1:59 pm #

    Dear Tips bayi,
    Saya mau nanya, anak saya baru berumur 1.5 bulan, saya rencana mau mudik pake mobil, apa aman bagi bayi saya kalau dibawa perjalanan malam, apa yang mesti dilakukan jika terpaksa harus berjalan malam…tolong tipsnya ya….terimaka kasih sebelumnya

  131. tipsbayi August 10, 2009 at 4:20 am #

    Eko Hartoyo :

    Bayi dibawah 1 tahun bisa mabuk juga maka..ciptakan perjalanan senyaman mungkin untuk bayi Anda.., dan tips-tips di atas adalah merupakan antisipasi juga agar bayi Anda tidak mabuk dalam perjalanan berkendaraan.. :-)

  132. bunda alvaro August 10, 2009 at 3:43 am #

    hai, seneng banget bisa ada tempat bertanya disini..
    bayiku 3 bulan dan mau aku ajak dinas ke surabaya. baiknya menggunakan pesawat atau kereta argo ya?

    alhamdulillah keadaan anakku sehat dan masih full asi.

    ditunggu ya jawabannya… tq

  133. tipsbayi August 6, 2009 at 4:08 am #

    bunda nabil :

    Insya Allah apabila kita mengikuti prosedur dan tips dalam perjalanan dengan baik dan Anda tidak lengah dengan keselamatan bayi Anda.. tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.. :-)

    Tips-tips di atas adalah salah satu panduan Anda ketika membawa anak Anda bepergian.., kami yakin kejadian yang menimpa bayi teman Anda adalah diakibatkan karena kelengahan orang sekitar terhadap keamanan dan kenyamanan bayinya..
    Atau.. memang ada riwayat penyakit khusus pada bayi teman Anda.., sehingga terpicu dengan keadaan perjalanan yang tidak nyaman..

    AC mobil dapat digunakan dengan suhu antara 25-26 derajat celcius.., hindarkan barang-barang yang berbau menyengat dalam ruangan ber-AC, perhatikan selalu suhu ruangan mobil, perubahan yang drastis sangat berbahaya. Karena suhu yang tinggi, proporsi air yang hilang dibandingkan berat tubuh pada bayi, lebih besar daripada orang dewasa.

  134. Eko Hartoyo August 6, 2009 at 4:05 am #

    Dear Tipsbayi.com
    Dalam perjalanan berkendaraan, apakah bayi dibawah 1 tahun bisa mabuk? Bagaimana antisipasi agar bayi tidak mabuk dalam perjalanan berkendaraan?
    Terima kasih.

  135. tipsbayi August 6, 2009 at 3:19 am #

    Trias :

    Maaf lama.. :-)

    Apakah perjalanannya jauh..?
    Sebenarnya tidak dianjurkan untuk membawa bayi dengan motor, apalagi jika perjalanannya jauh dan bayinya masih sangat kecil. Tetapi bayi Anda sudah 6 bulan asal hati-hati saja.. perhatikan keamanan bayi Anda, posisi duduk berhadapan dengan Anda bagus..jangan biarkan bayi Anda terkena hembusan angin langsung, kalau bisa hindari perjalanan jauh dengan sepeda motor.. :-)

    Bahaya yang terjadi ketika bayi digendong oleh ibunya yang dibonceng mengendarai motor, adalah kekurangan oksigen. Biasanya kan si bayi digendong oleh ibunya di jok belakang motor dan biasanya karena takut bayinya masuk angin dan terkena panas matahari, si ibu akan menyelimuti bayinya rapat-rapat.

    Nah, terkadang ada kasus dimana si bayi kekurangan oksigen dan akhirnya tidak sadarkan diri bahkan hingga menemui kematian.

    Hati-hatilah jika membawa bayi dengan mengendarai motor, apalagi untuk jarak jauh… lebih baik menggunakan transportasi umum…

  136. Trias August 5, 2009 at 12:15 pm #

    ihhh kok lama y jwbnya.???

  137. Trias July 29, 2009 at 1:29 pm #

    Apabila bayi usia 6bln dibawa mengendarai sepeda motor dg gendongan depan (bayi berhadapan dg ibu), apa aman?

  138. bunda nabil July 29, 2009 at 8:06 am #

    anak saya 3bln, rencananya pas lebaran besok (anak saya 5bln) mau pul kampung naik travel, perjalanannya sekitar 4-5 jam, biasanya di travel kan ada ac nya, apakah ada efek buruknya dari ac tsb setelah perjalanan nanti?saya sgt kawatir dengan pengaruh ac tsb mengingat ada pengalaman dari teman, anaknya yg usianya 10 bln meninggal kebiruan sampai ditempat tujuan karena ac
    saya mohon infonya bahaya ac bagi bayi di mobil tertutup seperti travel agar saya berpergian nanti bisa tenang

  139. tipsbayi June 1, 2009 at 3:55 am #

    trias :

    Seiring dengan bertambahnya umur maka bayi kita akan belajar bersosialisasi dengan lingkungan sekitar tidak harus dengan lingkungan yang jauh dulu, bayi belum waktunya bersosialisasi dengan dunia luar.. ;-)

    Dan memang bayi 3 bulan bila terlalu banyak kontak dengan dunia luar sangat beresiko sekali, pintar-pintarnya saja Anda membuat lingkungan rumah menjadi lingkungan yang sehat, mendidik dan menyenangkan buat bayi Anda.. :-)

  140. trias May 28, 2009 at 11:49 am #

    Dear Tipsbayi, mau tanya: Apakah bayi yang tidak pernah diajak bepergian ada efek buruknya?, saya mendapat info dari teman katanya akan sulit untuk bersosialiasi dengan orang lain, apa betul ? Mksh

  141. tipsbayi May 13, 2009 at 4:50 am #

    Eko:

    Resiko tentu saja ada, apalagi bayinya baru 1 tahun.

    Untuk mengurangi resiko, selain mengikuti berbagai tips dalam artikel di atas, Anda juga harus EKSTRA hati-hati ketika mengemudikan mobil Anda…

    Jika mungkin, ada baiknya Anda sering berhenti untuk istirahat, atau bahkan bermalam dulu di perjalanan.

  142. Eko Hartoyo May 12, 2009 at 11:13 am #

    Dear Tipsbayi..
    Bepergian dengan bayi usia 1 bulan menggunakan mobil pribadi, jika dengan perjalanan kira-kira 560 KM atau sekitar 12-15 jam dan dengan kondisi jalan yang rusak sehingga kemungkinan terjadi goncangan pada bayi.
    Apakah ada resiko dengan bayi saya pada kondisi tersebut?
    Apakah ada tindakan untuk memperkecil resiko?
    Terima kasih

  143. tipsbayi April 17, 2009 at 4:04 am #

    yap, silahkan :-)

  144. at April 17, 2009 at 2:47 am #

    mohon izin ngelink artikel ya…
    Hari2 akhir pekan gini banyak yg bepergian soalnya…
    Trimss.

  145. tipsbayi April 15, 2009 at 2:34 am #

    ihsa:

    Wah, kalau terlalu sering kasihan juga Bu :(

    Usahakan untuk jangan terlalu sering seperti itu. Dan jika Anda membawanya menggunakan motor, perhatikan betul agar dia tidak langsung tersorot sinar matahari dan juga tidak tertutup terlalu rapat sehingga ia sulit bernafas.

  146. ihsa April 14, 2009 at 6:18 pm #

    Dear Tipsbayi…
    Anak saya berumur 4 bulan, dalam 1 minggu 4 hari berturut saya bawa ia kesekolah tempat saya ngajar pakai motor. setiap naik motor kira2 udah jalan 1 km ia selalu tertidur. kira2 apakah itu tidak apa2. terimakasih untuk jawabannya

  147. tipsbayi April 1, 2009 at 4:49 am #

    Fuad:
    Untuk minum dan makanan bayi jelas yang paling baik adalah air susu ibu, bahkan untuk bayi dibawah 6 bulan jangan dberi minum air putih, meskipun anak Anda 10 bulan ada baiknya anak Anda jangan diberi terlalu banyak air putih dulu, perbanyaklah ASI maka dengan demikian anak akan mendapatkan imun dari berbagai penyakit,

  148. tipsbayi April 1, 2009 at 4:21 am #

    Bunda Pim:
    Untuk anak umur 11 bulan tidurnya bisa menghabiskan waktu antara 10-12 jam, mulailah atur jadwal tidur anak Anda jangan terlalu banyak tidur siang, Anda bisa bangunkan anak Anda bila tidur siang terlalu lama, buat suasana yang nyaman pada jam tidur, contoh redupkan lampu kamar atur suhu kamar senyaman mungkin.

  149. fuad March 31, 2009 at 10:38 am #

    Dear tips bayi, anak saya baru berumur 10 bulan berat badannya 7,6 kg dan dia sangat aktif. Disamping minum asi anak saya juga kuat minum air putih. Sekarang anak saya lagi sakit batuk disertai keringat banyak keluar bahkan kalau lagi batuk bisa sampai muntah. Saya sudah bawa ke dokter 2 kali tapi sampai saat ini blm ada perkembangan yg ckup signifikan. Pertanyaan saya, apa manfaatnya bagi bayi seusia anak saya yang banyak minum air putih, kemudian batuk berkeringat yang bahkan sampai muntah ini apakah sangat berbahaya atau tidak? trims atas infonya.

  150. bunda pim March 19, 2009 at 5:51 am #

    anak saya suka sekali bepergian, setiap pagi selalu jalan2 dan mengemil, anak saya usianya 11 bulan dan sangat lincah, tapi saya punya satu masalah, saya single parent, anak saya kalau tidur sangat sulit, harus digendong dan rewel sekali kalau ditaruh, apa yang harus saya lakukan agar anak saya tidur nyenyak?
    terima kasih

  151. tipsbayi February 14, 2009 at 4:29 am #

    Yanti, Doni:
    Bila bayi Anda sehat boleh-boleh saja, seorang bayi boleh dan aman diajak bepergian sejak usia 2 minggu (tentunya dengan persiapan matang), beberapa ahli menyatakan usia aman untuk bayi bepergian adalah di atas 2 bulan tapi karena di usia 2 minggu hampir semua organ tubuh bayi sudah terbentuk dengan baik, termasuk saluran tube eustachius, kematangan saluran yang menghubungkan hidung dan telinga ini sangat dibutuhkan bayi untuk beradaptasi menghadapi perubahan tekanan udara (terutama kala bepergian dengan pesawat). Karena jika belum matang, perubahan tekanan udara di pesawat bisa merusak indra pendengarannya.
    Argumen lain, beberapa kelainan kongenital, seperti kelainan jantung atau paru-paru, sudah bisa dideteksi setelah bayi berusia dua minggu. Dengan demikian, dokter bisa memberikan penanganan yang tepat. Dengan beberapa persiapan dan ditunjang kondisi fisik bayi yang sehat, tidak ada masalah bagi bayi bepergian di bawah 2 bulan, tapi tepatnya konsultasikan dengan dokter anak Anda tentang kesehatan anak Anda.
    Untuk perjalanan memakai kendaraan umum bagusnya menggunakan kereta api..

  152. doni February 12, 2009 at 5:04 am #

    saya mau nanya ,bayi saya 1 bulan dan saya ingin bawa perjalan jauh sekitar 5-6 jam,saya rencana naik transportasi umum (travel)yg jumlah penumpangnya 12 orang..boleh ngga ya? apa aja yg perlu dibawa?

  153. yanti January 21, 2009 at 4:54 am #

    halo tips bayi, anak kami berumur 5 bulan bagaimana kalau kami ajak perjalanan dengan mobil dengan jarak sekitar 500 km?
    mohon saran dan infonya, trims

  154. tipsbayi January 16, 2009 at 4:15 am #

    Jhoni:
    Kami tidak tahu umur anak Anda berapa bulan atau berapa tahun? Tapi untuk anak dibawah 1 thn hendaknya Anda pertimbangkan bahwa perjalanan selama 4 hari dapat melelahkan bayi Anda dan dan bahkan para balita seringkali bosan dengan keharusan duduk dalam waktu lama.

    Jadi bagusnya rencanakan hanya satu aktivitas utama dalam 1 hari sehingga lebih mudah untuk melakukan penyesuaian di menit-menit terakhir jika anak Anda lelah atau gelisah.

  155. jhoni January 15, 2009 at 10:10 am #

    halo tips bayi, saya mau naya nih rencananya anak saya mau diajak keliling bali selama 4 hari naik bis ac, gimana nih apa ada tips agar bayi gak mudah capek dan gak rewel trus kuat gak ya kesehatannya kalo 4 hari bepergian terus & istirahatnya malam hari di hotel . trims

  156. tipsbayi January 5, 2009 at 4:13 am #

    Yayan Sopyan;
    Biasanya yang dimaksud orang banyak sebagai masuk angin adalah bila anak berubah tingkah lakunya dalam hal kesehatan”, Misalnya, anak Anda yang biasanya anteng menjadi rewel padahal kerewelan tersebut belum tentu lantaran penyakit. “Mungkin saja si bayi merasa gerah, kedinginan atau barangkali kelelahan karena baru dibawa pergi.”

    Perubahan tingkah laku lain yang merujuk pada “masuk angin” ialah bila anak Anda tak mau makan, perutnya kembung, muntah atau bahkan diare tapi tak terlalu hebat. Misalnya, tinja menjadi lembek atau yang biasanya buang air besar dua kali sehari kini menjadi tiga kali.

  157. YAYAN SOPYAN January 4, 2009 at 8:04 am #

    kalau habis bepergian, anak jadi cengeng, ada yang bilang masuk angin, sebenarnya apa tanda-tanda bayi masuk angin?

  158. tipsbayi January 2, 2009 at 3:31 am #

    ucie;
    Bila bepergian jauh dengan bus, selain persiapan yang telah diuraikan diatas maka hendaknya Anda memilih bus yang nyaman untuk bayi Anda apalagi perjalanan yang jauh, buatlah senyaman mungkin seperti Anda membawa anak Anda ketika memakai kendaraan pribadi dan hendaklah Anda memberikan penjagaan yang extra karena suasananya berbeda dengan kendaraan pribadi.

    Neni;
    Sebenarnya tidak dianjurkan untuk membawa bayi dengan motor, apalagi jika perjalanannya jauh dan bayinya masih sangat kecil.

    Bahaya yang terjadi ketika bayi digendong oleh ibunya yang dibonceng mengendarai motor, adalah kekurangan oksigen. Biasanya kan si bayi digendong oleh ibunya di jok belakang motor dan biasanya karena takut bayinya masuk angin dan terkena panas matahari, si ibu akan menyelimuti bayinya rapat-rapat.

    Nah, terkadang ada kasus dimana si bayi kekurangan oksigen dan akhirnya tidak sadarkan diri bahkan hingga menemui kematian.

    Hati-hatilah jika membawa bayi dengan mengendarai motor, apalagi untuk jarak jauh… lebih baik menggunakan transportasi umum…

  159. Neni supriani December 26, 2008 at 10:16 am #

    Selamat sore tips bayi,
    Anak saya baru berusia 3 bulan, berbahayakah apabila saya membawanya pergi dgn mengendarai sepeda motor (misal: Bogor)?
    Dan apa yg harus saya lakukan pada saat pergi supaya bayi terhindar dr masuk angin?
    terima kasih

  160. ucie December 18, 2008 at 9:13 am #

    bagaimana kalo bepergian jauh memakai bus???amankah dia??? apa yang harus dipersiapkan,,,sekedar untuk diketahui bayi saya berumur 4 bulan,,kalo dibawa memakai mobil pribadi dia tidak rewel. dia minum ASI disambi susu formula juga.

  161. tipsbayi December 2, 2008 at 4:14 am #

    denny;
    Tidak ada frekuensi gumoh yang pasti untuk mengukur normal tidaknya..tapi gumoh masih normal sepanjang jumlah cairan yang keluar dan masuk seimbang, Kalau gumoh berlebihan, tengkurapkan si kecil, udara yang terperangkap di lambung akan lebih mudah keluar. Juga, masuknya cairan ke paru-paru bisa dicegah, bila gumoh terus berlebihan, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk dicarikan penyebabnya. Bisa jadi, ia menderita alergi.

    ellys;
    Tidak ngempeng tapi ASI? itu bagus…,Jangan langsung banyak minum, lebih baik, bayi minum sedikit-sedikit jangan dipaksa karena akan menyebabkan bayi tersedak, sendawakan, lalu minum lagi. Dengan cara ini, udara tidak sempat “mampir” ke lambung.

  162. ellys December 1, 2008 at 8:04 am #

    bagaimana kalau bayi saya (9 bulan ) tidak ngempeng dan saat lepas landas/ mendarat sedang tidak mau minum susu (mungkin barusan sudah minum atau memang tidak ingin minum)? apakah dengan memaksanya minum sampai menangis itu juga membantu supaya telinganya tidak sakit?

  163. denny November 27, 2008 at 5:13 pm #

    dear tips bayi, saya denny .. mau tanya bayi saya umur 1 bulanan.. selama ini kalo setelah menyusui sering sekali gumoh hampir setiap habis menyusui.. apakah tidak apa2 ? kadang walaupun sudah di sendawakan masih bisa gumoh.. berapa frekuensi gumoh yg normal pada bayi se usia itu ?

  164. tipsbayi November 13, 2008 at 4:17 am #

    Edward:
    Sebenarnya tidak dianjurkan untuk membawa bayi dengan motor, apalagi jika perjalanannya jauh dan bayinya masih sangat kecil.

    Bahaya yang terjadi ketika bayi digendong oleh ibunya yang dibonceng mengendarai motor, adalah kekurangan oksigen. Biasanya kan si bayi digendong oleh ibunya di jok belakang motor dan biasanya karena takut bayinya masuk angin dan terkena panas matahari, si ibu akan menyelimuti bayinya rapat-rapat.

    Nah, terkadang ada kasus dimana si bayi kekurangan oksigen dan akhirnya tidak sadarkan diri bahkan hingga menemui kematian.

    Hati-hatilah jika membawa bayi dengan mengendarai motor, apalagi untuk jarak jauh… lebih baik menggunakan transportasi umum…

  165. Edward November 12, 2008 at 12:08 pm #

    Bagaimana kalau melakukan perjalanan dg motor

  166. tipsbayi November 10, 2008 at 4:16 am #

    Tidak apa-apa Pak, hanya saja Anda harus ekstra sabar… :-)

  167. Melza November 5, 2008 at 4:59 am #

    Sama pak adi. Bayi saya saat ini 12 bln, dan sejak 9 bln bayio saya tdk mau diam, aktif skali. Jadi saya mensiasati utk bepergian jauh disaat bayi saya sdh tertidur pulas.

  168. adi October 31, 2008 at 9:20 am #

    dear tps bayi,,,,,
    saya hanya ingin bertanya, saya mempunyai anak putri usia 11 bulan alhamdulilah dalam ke adaan sehat wal afiat, yang ingin saya tanyakan anak saya tidak mau diam dia terus bergerak tanpa rasa cape, apakah ini tidak apa apa ?
    terima kasih tips bayi

Leave a Reply