Bedong Bayi – Manfaat dan Cara Membedong yang Baik

Membedong merupakan istilah di negeri kita untuk ‘membungkus’ bayi dengan kain. Kain yang digunakan pun biasa disebut dengan kain bedong. Beberapa manfaat membedong bayi, antara lain:

- Membantu bayi Anda agar tidak terganggu dengan gerakan kejut yang biasa dikenal dengan refleks Moro
- Membantu bayi Anda untuk tetap hangat, terutama pada hari-hari pertama dalam kehidupannya. Nantinya secara berangsur, tubuhnya akan menyesuaikan dengan lingkungan sekitar, sehingga kain bedong tidak diperlukan lagi
- Membantu menenangkan bayi Anda

Ketika bayi Anda dibedong dengan benar, dia akan merasa hangat dan aman, dan bedong pun berguna untuk menenangkan si kecil ketika dia menerima rangsangan yang berlebihan.

Jika Anda melahirkan di bidan, maupun di rumah sakit, biasanya sebelum pulang, mereka akan mengajarkan kepada Anda bagaimana cara membedong si kecil. Namun jika Anda masih bingung, atau belum percaya diri melakukannya, Anda bisa melihat video singkat kami mengenai salah satu cara yang baik untuk membedong bayi Anda.

Beberapa Tips Seputar Membedong Bayi

  1. Perhatikan kondisi bayi Anda ketika awal akan membedong; jangan melakukannya ketika dia sedang lapar misalnya, atau masih basah setelah mandi, ataupun ketika ia sedang lelah
  2. Jangan membedong terlalu kencang, dengan memaksa kaki bayi agar lurus, karena praktek seperti ini akan merusak sendi lututnya dan juga bisa menyebabkan displasia pangkal paha (hip dysplasia). Untuk mencegahnya, pastikan Anda meninggalkan ruang yang cukup pada bagian bawah bedong (bagian kaki), sehingga bayi Anda tetap bisa menekuk lututnya
  3. Jika cuacanya dingin, Anda boleh memakaikan baju dan celana panjang kepada si kecil sebelum ia dibedong. Namun jika cuaca sedang panas, pastikan ia hanya memakai kaos singlet dan celana pendek. Kalau tidak, ia akan sangat kepanasan
  4. Jangan sampai kain bedong menutupi daerah wajah bayi Anda
  5. Ketika bayi Anda tertidur dengan dibedong, sebaiknya ia jangan diletakkan berdampingan dengan Anda, karena ia pun mungkin akan kepanasan. Bayi yang dibedong ketika tidur, sebaiknya dibuat sedemikian rupa sehingga sekelilingnya merupakan udara bebas dan tidak tertutup, agar ia memperoleh cukup udara dan tidak merasa kepanasan

 

bedong bayi

 

- langkah membedong bayi, urutan berlawanan arah jarum jam -

Langkah Membedong Bayi

  1. Bentangkan kain bedong pada permukaan yang rata, dengan bentuk seperti berlian – (gambar 1)
  2. Lipat sudut bagian atasnya ke bawah, sebanyak sekitar 15-20 cm, sehingga permukaan atas kain membentuk garis horisontal – (gambar 1)
  3. Letakkan bayi Anda perlahan pada punggungnya, sehingga ujung atas kain yang horisontal tadi berada sejajar dengan bahunya – (gambar 1)
  4. Turunkan tangan kanan bayi Anda sehingga berada di samping tubuhnya – (gambar 2)
  5. Tarik sudut kain bedong yang berada di sisi tangan kanannya tadi untuk menyelimuti tangan dan dadanya, lalu selipkan ujung kain tersebut ke bawah punggungnya yang ada di sisi kiri tubuhnya – (gambar 2)
  6. Turunkan tangan kiri bayi Anda, sehingga berada di samping tubuhnya
  7. Tarik sudut kain bedong yang berada di sisi tangan kirinya tadi untuk menyelimuti tangan dan dadanya, lalu selipkan ujung kain tersebut ke bawah punggungnya yang ada di sisi kanan tubuhnya
  8. Atau bisa juga dengan cara seperti pada gambar 3
  9. Pelintir atau lipat ujung kain bedong bagian bawah, lalu selipkan ke bawah tubuhnya, tapi biarkan longgar, jangan terlalu kencang, sehingga lutunya bisa dilipat olehnya, pinggulnya bisa bergerak dengan baik dan ia pun bisa meregangkan kakinya degan mudah

- video salah satu cara membedong bayi yang baik -

Sampai Usia Berapa Sebaiknya Bedong Digunakan?

Hingga bayi Anda berusia sekitar 1 bulan, Anda masih bisa membedongnya, namun usahakan untuk tidak membedongnya selama ia terjaga.

Jika setelah usia 1 bulan ia terlihat bisa tidur lebih nyenyak dengan dibedong, tidak mengapa untuk membedongnya, hanya ketika ia sedang tertidur.

Biasanya, kalau si kecil sudah tidak betah dibedong, dia akan menolak dengan menangis atau menendang-nendangkan kakinya, nah ini berarti sudah saatnya Anda meninggalkan bedong untuk seterusnya.

Artikel yang berhubungan:

  1. Cara Memandikan Bayi: Apa Saja Yang Harus Disiapkan?
  2. Perlengkapan Bayi yang Berguna untuk Menenangkan

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

43 Responses to Bedong Bayi – Manfaat dan Cara Membedong yang Baik

  1. yuni October 6, 2014 at 2:35 am #

    Salam kenal,saya ???N? jakarta mau tanya soal menyusui ,usia bayi saya baru 3 minggu dari pertama lahir sudah dikasih susu formula soalnya susu asi saya tidak kluar ,???î setelah beberapa hari susu asi saya kluar sedikit demi sedikit dan saya coba untuk berikan ke anak saya ???î anak saya kurang puas jd saya kasih susu formula lagi , apakah boleh dan ª?ª pengaruhnya klo minum susu formula baik atau tidak untuk perkembangannya,

    • tips-bayi November 10, 2014 at 3:33 pm #

      yuni,

      Kalau boleh.. YA jelas boleh.. meskipun memang sebaiknya dan terbaik tetap ASI tidak bisa dibandinkan.. Hanya saja dari pada tidak ada asupan untuk buah hati Bunda, ya berikan saja sufor.. ;)
      Dan nantinya setelah bayi mendapat MPASI, berikanlah asupan yang baik dan gizi seimbang.

  2. Rizky Novira September 4, 2014 at 4:24 am #

    Bunda, kalo anakku di bedong sih udah gak betah, nendang-nendang gitu kaakinya, tp kalo gak di bedong dia malah gamau tidur bund. Kenapa yaa? Mohon sarannya bund, biar aku bisa boboin anakku tanpa harus dibedong, kalo gak dibedong malah susah bobo

    • tips-bayi October 14, 2014 at 3:44 am #

      Rizky Novira,

      Usia berapa ya Bun..? Jika setelah lebih dari usia 1 bulan ia masih tidur lebih nyenyak dengan dibedong, tidak mengapa untuk membedongnya, hanya ketika ia sedang tertidur.

      Biasanya, kalau si kecil sudah tidak betah dibedong, dia akan menolak dengan menangis atau menendang-nendangkan kakinya, nah ini berarti sudah saatnya Anda meninggalkan bedong untuk seterusnya.. ;)

  3. Anonymous November 4, 2013 at 2:18 pm #

    salam knl tips bayi. tips2nya sangat brmanfaat. ^_^
    anak saya 2bln 1minggu sgt senang skali dibedong saat tidur karna kalau tidak dbedong dia seperti trganggu dengan gerak tgn kakinya yg refleks tiba2 saat dia trlelap. alhasil bila dia tdk dibedong saat tidur pasti tidurnya sebentar2 & tidurny tdk brkualitas. apakah masih boleh usia 2bln masih dibedong? Apakah nanti bisa jd kebiasaan sampai dia besar? Karena pernah saya coba lepas bedongnya saat dia terlelap eh malah jadi kebangun karena bedongny dilepas. mohon sarannya

    • tips-bayi November 7, 2013 at 7:13 am #

      bee.bakero,

      Salam kenal juga..

      Dibedong usia segitu boleh saja.. Jika nanti terlihat buah hati Anda ingin bebas bergerak, bisa dibuka saja.. Tidak akan jadi kebiasaan, justeru nantinya bayi akan ingin bebas bergerak.. ;)

  4. nila wati October 20, 2013 at 3:42 pm #

    Gabung sist, saya sempet beberapa kali tanya ke dokter ttg boleh gak sih bayi di bedong? Trus dokter jawab gak boleh sist, karena dpt mengganggu pernapasan dan gerak bayi. Gmn pendapat sist?

    • tips-bayi October 23, 2013 at 3:19 am #

      nila wati,

      Hingga bayi Anda berusia sekitar 1 bulan, Menurut saya, Anda masih bisa membedongnya, namun usahakan untuk tidak membedongnya selama ia terjaga.

      Jika setelah usia 1 bulan ia terlihat bisa tidur lebih nyenyak dengan dibedong, tidak mengapa untuk membedongnya, hanya ketika ia sedang tertidur.

      Biasanya, kalau si kecil sudah tidak betah dibedong, dia akan menolak dengan menangis atau menendang-nendangkan kakinya, nah ini berarti sudah saatnya Anda meninggalkan bedong untuk seterusnya.

      Untuk lebih tau bagaimana tips membedong bayi silahkan baca selengkapnya.. ;)

    • tips-bayi October 23, 2013 at 4:33 am #

      nila wat

      Memang betul Bun..akan mengganggu pernapasannya, karena bayi masih bernafas melalui perut, dibedong akan mengganggu gerak pernapasan perutnya, apalagi bila bayi sedang tidur tengkurap.. ;-)

      Tidak akan ada pengaruh apa apa kalau bayi tidak dibedong, Adapun manfaat bedong memang ada, diantaranya adalah membuat si bayi serasa sedang dipeluk.

  5. gita May 30, 2013 at 4:20 am #

    thx atas infonya, mantap!

  6. masuliya March 27, 2013 at 3:44 am #

    bayi saya suka dibedong ,kalo bedongnya dilepas atau bajunya dilepas malah nangis,

    • tips-bayi April 1, 2013 at 12:57 am #

      masuliya

      Perhatikan saja Bun.. lepaskan bedong saat bayi tidur, agar tidak mengganggu pernafasannya. Lepaskan kain bedong dari tubuh bayi saat akan ditengkurapkan. Jangan lupa, bayi masih bernapas melalui perut, dibedong akan mengganggu gerak pernapasan perutnya, apalagi bila bayi sedang tidur tengkurap..

      • harem alhabsyi May 20, 2013 at 4:00 pm #

        Waah. Jadi pingin cepat. Pegang baby. Hmmm

        • tips-bayi May 23, 2013 at 4:41 am #

          harem alhabsyi,

          Amiinn.. semoga cepat dapet Baby ya.. ;-)

  7. Febrianto Hermawan January 11, 2013 at 5:12 am #

    cuma tangan aja yg gk dibedong,pengaruh sama bayinya tidak….

    • tips-bayi January 11, 2013 at 8:16 am #

      Febrianto Hermawan

      Tidak Bun…Tidak ada hubungannya kalau bayi tidak dibedong lalu kakinya akan bengkok. Itu hanya mitos. Adapun manfaat bedong memang ada, diantaranya adalah membuat si bayi serasa sedang dipeluk.

      Perhatikan juga Bun.. lepaskan bedong saat bayi tidur, agar tidak mengganggu pernafasannya. Lepaskan kain bedong dari tubuh bayi saat akan ditengkurapkan. Jangan lupa, bayi masih bernapas melalui perut, dibedong akan mengganggu gerak pernapasan perutnya, apalagi bila bayi sedang tidur tengkurap..

  8. puput November 17, 2012 at 2:45 am #

    Wah info yang bagus ya, izin copas yaa… nanti saya sertakan link ke sumber ini

    • tips-bayi November 18, 2012 at 2:44 am #

      @ puput,

      Boleh.. silahkan Anda copas.. link nya ikut juga ya.. :-)

  9. hamid arif June 27, 2012 at 9:56 am #

    thanks infonya … sgt bermanfaat bagi kami

  10. Botol Kaca Asi June 5, 2012 at 9:56 am #

    Pembahasan yang bagus dan menarik. terima kasih untuk informasinya ;)

  11. evi May 31, 2012 at 1:44 pm #

    dear tipsbayi..
    hiks..hiks..saya diomeli ibu krn gk bedong anak saya stlh sebulan, lha kalo dibedong nangis mpe wajahnya merah.
    trus ibu bilang: ne kakinya bentuknya gini..
    lha..menurut para ahli kaki bayi emang gitu cz dlm kandungan ruang geraknya kan smpit..
    tp kalo jelasin ke ibu, kaya’na gk connect..hufff.. so apa yaa yg harus saya lakukan???
    thx

    • tips-bayi June 12, 2012 at 12:20 pm #

      @ evi,

      Oh ya..? :-)

      Benar jika bayi sudah aktif maka tidak akan betah dengan bedong..

      Perhatikan juga.. lepaskan bedong saat bayi Anda tidur, agar tidak mengganggu pernafasannya. Lepaskan kain bedong dari tubuh bayi saat akan ditengkurapkan. Jangan lupa, bayi masih bernapas melalui perut, dibedong akan mengganggu gerak pernapasan perutnya, apalagi bila bayi sedang tidur tengkurap.. ;-)

      Bisa Anda jelaskan secara lembut pada ibu anda, insyaAllah ibu Anda akan mengerti… ;-)

  12. iswinar May 14, 2012 at 9:06 am #

    Merawat bayi perlu telaten ya..

  13. vony April 27, 2012 at 1:35 pm #

    Anak saya baru beberapa hri doang di bedong
    Mungkin ± 2 mingguan …
    Hbis klo di bedong dy berontak n nangis kenceng…
    ??kÄ????9 ud 1 bln umurnya..apakah nti berpengaruh terhadap kkinya misalnya jlnnya nti G???ªª? lurus (egang)krna kurang bedongan

    • tips-bayi May 8, 2012 at 6:56 am #

      @ vony

      Tidak kok. Tidak ada hubungannya, kalau bayi tidak dibedong lalu kakinya akan bengkok. Itu hanya mitos. Adapun manfaat bedong memang ada, diantaranya adalah membuat si bayi serasa sedang dipeluk.

  14. dian febianty March 8, 2012 at 11:59 am #

    hehehhe..anakku hanya 2 minggu setelah dilahirkan bedongannya di lepas,,habis anakku g betah tangannya sudah keluar2 jdi lepas bedongannya..

  15. busana anak February 9, 2012 at 3:52 pm #

    maaf ada kesalahan penulisan, saya refisi pertanyaannya.
    apakah bedongan mempengaruhi pertumbuhan dan bentuk dari teksture tulang yang berakibat dengan kaki melengkung atau tidak lurus karena waktu bayi sering di gedong?

  16. busana anak February 9, 2012 at 3:51 pm #

    apakah bedongan mempengaruhi pertumbuhan dan bentuk dari teksture tukang yang berakibat dengan kaki melengkung atau tidak lurus karena waktu bayi sering di gedong?

    • tips-bayi February 15, 2012 at 3:32 am #

      @ busana anak,

      Memang bentuk kaki bayi seperti bengkok akan tetapi itu akan berubah seiring dengan usianya.. Anda jangan khawatir, apabila sudah bisa berjalan sendiri kaki bayi Anda akan semakin sempurna.. ;-)

  17. uhuy February 6, 2012 at 11:33 am #

    betulnyatu?

  18. mama aisya January 28, 2012 at 9:32 am #

    kalo aisya hanya betah beberapa hari stlh melahirkan saja pakai bedong, setelah itu dia selalu bergerak sampai bedongnya lepas..

    • tips-bayi February 4, 2012 at 3:47 am #

      @ mama aisya,

      Oh ya..? :-)

      Benar jika bayi sudah aktif maka tidak akan betah dengan bedong..

      Perhatikan juga.. lepaskan bedong saat bayi Anda tidur, agar tidak mengganggu pernafasannya. Lepaskan kain bedong dari tubuh bayi saat akan ditengkurapkan. Jangan lupa, bayi masih bernapas melalui perut, dibedong akan mengganggu gerak pernapasan perutnya, apalagi bila bayi sedang tidur tengkurap.. ;-)

  19. Rayna January 17, 2012 at 2:52 am #

    Waktu pertama kali susah banget, apa lagi si dede bayi nga mau diem. Tapi sekarang sih sudah terbiasa, dan belajar juga dari video nya. Trims ya.

    • tips-bayi January 19, 2012 at 3:59 am #

      @ Rayna,

      Sudah ahli ya.. ;-)

      Sama-sama, terima kasih juga untuk anda yang aktif terus di milis ini..

  20. usfxtrading December 30, 2011 at 1:41 am #

    ternyata bedong bayi sangat gampang, tetapi saat di praktekkan agak merasa was was saja. maklum pertama kali

    • tips-bayi January 5, 2012 at 4:29 am #

      @ usfxtrading,

      Memang gampang.. tapi tetap harus Anda biasakan.. ;-)

  21. labira December 12, 2011 at 3:39 pm #

    saya sudah praktekan caranya seperti yang di video, jadinya lebih gampang bedong anak hihi… tadinya susah dan suka lepas2

    • tips-bayi December 20, 2011 at 3:11 am #

      @ labira,

      Oh ya.. gampang ya sekarang.. ;-)

Leave a Reply