Bayi Berenang?

bayi berenangBayi berenang? Ya. Beberapa tahun terakhir ini, beberapa hasil penelitian yang muncul memang menunjukkan sejumlah keuntungan memperkenalkan aktifitas berenang kepada bayi.

Di antara sekian banyak penelitian, salah satunya adalah yang dilakukan oleh Norwegian University of Science and Technology (NTNU) yang berada di Norwegia.

Lalu, apa saja sih manfaat berenang bagi bayi?

Apa Manfaat Berenang bagi Bayi?

1. Keseimbangan

Bayi yang diajar berenang menunjukkan keseimbangan yang lebih baik dibandingkan yang tidak. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa perbedaan ini terus nampak hingga anak-anak tersebut berusia 5 tahun. Anak-anak berusia 5 tahun tersebut dikumpulkan dan diamati… ternyata mereka yang sudah terbiasa berenang sejak bayi lebih baik keseimbangannya dibandingkan yang tidak…

2. Kemampuan Menggenggam

Hal yang sama juga ditemui pada kemampuan si bayi untuk meraih, menggenggam dan memegang sesuatu. Bayi yang terbiasa berenang menunjukkan kemampuan yang lebih baik.

3. Percaya Diri

Ketika si kecil memperoleh pujian dan penghargaan seiring dengan peningkatan kemampuannya berenang, ia akan tumbuh dengan kepercayaan diri yang positif. Ia pun akan mulai percaya diri dengan kemampuannya bisa mendalikan diri dengan baik di dalam air.

4. Terbiasa dengan Air

Bayi akan menjadi terbiasa dengan air dan terbiasa ‘berada dalam air’, sehingga ia tidak mudah panik ketika suatu saat tercebur ke dalam genangan air. Ini merupakan modal baginya berkaitan dengan keselamatan dalam air.

Pada anak-anak yang tidak terbiasa dengan air, jangankan tercebur… ketika kepalanya diguyur air saat mandi saja mereka akan berteriak-teriak… :)

5. Memperkenalkan Pola Hidup Sehat

Berenang merupakan aktifitas yang sangat baik untuk kesehatan, karena seluruh tubuh akan menjadi aktif. Berenang juga terbukti baik bagi kesehatan jantung dan paru-paru. Jika Anda memperkenalkannya kepada buah hati Anda sejak dini, maka ini bisa menjadi sesuatu yang akan mereka biasakan hingga dewasa.

6. Memperkuat Ikatan Orang Tua-Anak

Kegiatan berenang dengan si kecil akan membuat ikatan antara Anda dengannya menjadi semakin kuat. Anda akan kecipak-kecipuk bersama, tertawa bersama, ia akan belajar mempercayai Anda, ia akan terbiasa menerima pujian dari Anda, dan masih banyak lagi segi positif terhadap hubungan Anda dengan bayi Anda.

7. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Ketika Anda berenang bersama buah hati Anda, maka akan terjadi proses komunikasi yang positif. Contoh, ketika Anda mengucapkan “Tendang, tendang, tendang!”, maka kata-kata yang diucapkan terus menerus dan berulang kali ini akan direkam olehnya, sehingga menambah pemahaman dan kosa kata si bayi. Semakin banyak kata yang didengarnya secara berulang, semakin bertambah kemampuan bahasanya.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bayi yang secara rutin berenang ternyata terlihat meningkat kualitas tidurnya.

Usia Berapa Bayi Dapat Mulai Berenang?

Anda bisa mulai mengajak si kecil berenang sejak usia 1,5 bulan. Karena pada dasarnya, bayi sudah bisa mulai diajak ‘nyebur’ sejak baru lahir lho!

Tahukah Anda bahwa hingga usia 6 bulan, bayi memiliki refleks untuk menahan nafas di dalam air?

Namun jika Anda menjalani operasi caesar, untuk berhati-hati sebaiknya Anda tidak ikut berenang hingga 1,5 bulan setelah melahirkan. Kenapa? Untuk menghindari terkena infeksi pada bekas jahitan operasi Anda…

Untuk membiasakan bayi Anda dengan air, Anda bisa mencoba mengguyurkan sedikit air ke wajah bayi Anda ketika memandikannya. Berikan aba-aba seperti, “Salma…. Siaaap?…. Yaaa!” sebelum kemudian mengguyurkan sedikit air tersebut. Dengan begini, lama-kelamaan ia pun akan menemukan pola ‘permainan’ ini dan akan bersiap-siap setiap kali ada aba-aba tersebut. Anda bisa melihat refleks menahan nafas yang ditunjukkan oleh si kecil!

Air Hangat

Jika usia bayi Anda di bawah 6 bulan, sebaiknya proses berendam atau berenang dilakukan dengan air hangat. Oleh sebab itu, jika Anda berniat membawanya ke kolam renang umum, pastikan airnya hangat. Kolam renang besar dengan air dingin dikhawatirkan akan terlalu dingin untuk bayi di bawah 6 bulan.

Beberapa Tips Penting

Meskipun banyak manfaatnya, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dan persiapkan agar kegiatan ini tidak berakhir membahayakan kesehatan si kecil…

  • Air hangat untuk bayi di bawah usia 6 bulan (> 32° C)
  • Mulailah berenang selama 10 menit. Jika sudah terbiasa, Anda bisa membiarkannya berada dalam air hingga selama 1/2 jam (untuk anak usia < 1 tahun, sebaiknya berenang tidak melebihi 1/2 jam)
  • Perhatikan jika si kecil sudah mulai menggigil – segera keluarkan ia dari air
  • Jangan ajak bayi yang sedang kurang sehat untuk berenang
  • Siapkan peralatan seperti handuk bertudung kepala, makanan kecil (jika ia sudah menerima MPASI), mainan air, alas untuk mengganti baju, serta kantung tidur.

Ada pengalaman berenang dengan bayi Anda? Boleh berbagi di sini dong!

Tidak ada artikel yang berhubungan.

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

83 Responses to Bayi Berenang?

  1. Dewi Yanti September 10, 2014 at 1:34 am #

    Bayi ku umur 4 bln, sblum’y dah sring renang tp skrang lagi batuk pilek boleh ttp diajak brenang gak ya? Tkut mkin parah batuk pilek’y…
    Makasih

    • tips-bayi October 16, 2014 at 6:06 pm #

      Dewi Yanti,

      Ketika batuk pilek jangan dulu diajak berenang deh Bun.. ;)

  2. putri September 7, 2014 at 2:46 pm #

    Bun, mw nanya.. Anak saya akira umur ny skr udh 5bln.. Akir2 ini stiap malam klo tidur selalu tiba2 nangis jejeritan gt tp masih dgn mata tertutup.. Agak lama harus menenangkan dia. Hampir stiap malam begitu. Itu knp y bun? Klo udh begitu dia, tdr seterusnya g nyenyak lg, tiba2 nangis lg berulang x. Agak kawatir jg jd ny.. Saya jg ingin bertanya, apakah akira sudah boleh utk d urut, pasti ny dgn tkg urut bayi? Baik ny akira klo berenang pake neck ring atau pelampung y bun? Maap bnyk tanya, makasi :)

    • tips-bayi October 16, 2014 at 12:57 am #

      putri,

      Sebenarnya, belum diketahui secara pasti apa yang membuat bay menaingis dalam tidurnya. Namun menangis, tertawa, bergumam, bahkan berteriak dalam tidur kadang-kadang terjadi pada bayi. Ada yang mengatakan, ia ‘sedih’ karena harus meninggalkan kenyamanan yang ia rasakan selama berada di rahim mama.. ;)

      Biasanya ini hanya berlangsung sebentar, mungkin sekitar sepuluh detik sampai satu menit, lalu ia tenang lagi. Beberapa ahli mengaitkan hal ini dengan penyesuaian yang sedang dilakukannya terhadap lingkungan sekeliling dan siklus tidur barunya.

      Ada pula yang mengaitkan hal ini dengan pertumbuhan dan perkembangan yang ia alami, seperti saat tumbuh gigi. Rasa nyeri atau tak nyaman yang ia rasakan bisa saja membuatnya menangis dalam tidur. Bayi yang sudah agak lebih besar mungkin saja memang bermimpi buruk. Misalnya, ketika ia merasa seolah akan ‘ditinggalkan’ lagi oleh mama seperti pagi ini. Bersama susternya ia mengantar mama pergi bekerja dan menyaksikan mobil mama lenyap di belokan jalan. Saat itulah dia menangis..

      Selama tangisnya tidak sampai mengganggu tidurnya, mungkin tak ada yang perlu Anda cemaskan. Jangan lupa memeriksa apakah ia digigit sesuatu, atau ada yang berpotensi bahaya baginya. Setelah Anda yakin bahwa ia baik-baik saja, Anda bisa mengusap lembut wajahnya, dan membisikkan bahwa Anda akan selalu ada untuknya. Bila ia merasa aman, tidurnya akan kembali pulas.

      Oh ya.. Pijat..? Boleh Bun.. Pijat bayi bisa mulai dari usia 1 bulan.. :) Pijat dengan perlahan..

  3. mey July 6, 2014 at 12:31 pm #

    Kemarin pertama kali salsa berenang, usianya 2 bulan tgl 14 juli nanti. Anteng aja d air, kakinya di tendang2in k air.. Karna berendamnya d rumah jd seisi rumah nonton dede di air, seneng banget..
    Maksimal seminggu berenang berapa kali ya buat bayi?

    • tips-bayi July 23, 2014 at 5:53 am #

      mey,

      Idealnya aktivitas bermain air pada bayi sekitar 20-25 menit per hari dengan frekuensi maksimal lima kali dalam seminggu, atau 15-20 menit per hari. Hindari aktivitas di air lebih dari 30 menit karena dapat meningkatkan risiko hipotermia (kedinginan) pada bayi.

      Namun bermain air juga sebaiknya tidak kurang dari 15 menit. Sebab, waktu yang terlalu pendek tidak memberikan cukup waktu bagi bayi untuk beradaptasi dan memelajari lingkungannya.. ;)

  4. wulan June 11, 2014 at 6:42 am #

    Baby ku baru umur 1th udh boleh bawa k kolam renng umum ngk ya..soalnya masih takut bawa nya biasanya kan air nya berkapurit.?? Apa ya cream yg bagus bwt kulit baby biar bisa di ajak berenang…thanx

    • tips-bayi July 1, 2014 at 3:07 am #

      wulan,

      Bunda harus pintar-pintar mencari tempat yang baik untuk bayi Anda. Apabila ingin membawa bayi Anda berenang, kita cari kolam renang yang memang kadar kaporitnya rendah, sirkulasi airnya bagus, dan yang penting kita harus hati-hati dalam mencobanya.. ;)

  5. anis June 9, 2014 at 12:39 pm #

    Bun….dede saya umurnya baru 4minggu udah saya ajak berenang..apa gapapa??

    • tips-bayi June 19, 2014 at 10:04 am #

      anis,

      Agar lebih aman dan stabil, Bunda bisa mulai mengajak si kecil berenang sejak usia 1,5 bulan, untuk BB tidak terlalu berpengaruh.. Karena pada dasarnya, bayi sudah bisa mulai diajak ‘nyebur’ sejak baru lahir lho!

      Tapi kalau untuk memperkenalkan boleh saja sih.. Karena usia bayi Bunda masih di bawah 6 bulan, sebaiknya proses berendam atau berenang dilakukan dengan air hangat. Oleh sebab itu, jika Bunda berniat membawanya ke kolam renang umum, pastikan airnya hangat. Kolam renang besar dengan air dingin dikhawatirkan akan terlalu dingin untuk bayi di bawah 6 bulan. Mulailah berenang selama 10 menit. Jika sudah terbiasa, Anda bisa membiarkannya berada dalam air hingga selama 1/2 jam (untuk anak usia < 1 tahun, sebaiknya berenang tidak melebihi 1/2 jam). Perhatikan jika si kecil sudah mulai menggigil – segera keluarkan ia dari air.. ;)

  6. Resky ameliya May 31, 2014 at 2:33 am #

    Bayiku 6 bulan udah seneng dgn air malah waktu aku ajakin dy mandi kolam tenang dy malah goyangkan kakinya sama tepuk2 air …
    Skrg usiax 11 bulan .. bamdelx minta ampun
    Suka manjat2 tangga naik turun tpi pegangan diya belum bisa berdiri sendiri.

    Oh iya bund sering kali aku memarahi dy kalauu dy mau trun tangga sendiri atau yang dpt membahayakan dy .. dgn cara kuti kakinya .. apa itu g apa2? Untuk sarafx dy tpi akhir2 ini klu aku gtuin dy malah patuh .. g ngerjain yg itu malah dy mencari hal yg baru lagi
    Wajar g bun ?

    • tips-bayi June 16, 2014 at 12:56 pm #

      Resky ameliya,

      Bukan bandel Bun ya.. PINTAR.. ;)
      Terlihat aktifitas bayi Bunda NORMAL, bimbing saja jangan bosan. Ketelatenan dan kesabaran Bunda adalah kunci keberhasilan tumbuh kembang buat hati.. ;)

  7. Wanti May 25, 2014 at 3:07 am #

    Bund,, babyku 6.5 bulan udah diajarin renang pakai neckring… tapi tiap turun ke kolam karet jadinya nangis… minta tipsnya dong bunda…

    • tips-bayi May 30, 2014 at 6:44 am #

      Wanti,

      Masih kaget mungkin Bun.. :)
      Ajaklah main air terlebih dahulu, lalu sedikit demi sedikit masukan bayi Bunda dalam air.. Percaya deh, kalau sudah gak kaget nantinya akan sulit dihentikan.. ;)

  8. bunda salma May 22, 2014 at 6:42 am #

    hari ini si kecil pertama kali renang (si kecil usia 7 bulan)..sebenrny sdh lama ingin.tp takut soalny kolam renangng ada kaporitnya….
    ya,,,,pengalaman pertama si kecil takut,soale air nya dingin..tp tdk da 1/2 menit…seneng si kecil….rencana g renang, jd qt tdk bw ganti untuk bajunya…. hem…asyik berenang sama si kecil….

  9. mariz May 4, 2014 at 1:56 pm #

    putra sy saat ini usia 3bulan dgn bb 6.5kg alhamdulillah sudah rutin smggu 3x sy ajak brnang wlw d kolam nya.. skrg tdr malam gk rewel lg..

  10. mama naurah March 28, 2014 at 4:34 am #

    salam kenal…..
    anak saya umurnya 2tahun3bulan berat badannya 15kg. apa bisa ya dengan renang tiap minggu dapat menurunkan berat badan anak saya. sudah termasuk bahaya kali ini. mohon petunjuknya makasi

    • tips-bayi April 2, 2014 at 10:07 am #

      mama naurah,

      Salam kenal kembali..

      Anak Bunda hanya lebih 2,1 kg dari BB ideal, jadi tidak termasuk berbahaya.. Buatlah pola makan yang teratur, boleh juga Bunda ajak berenang..

      Jika orang tuanya gemuk, kemungkinan anaknya gemuk 40%. Jadi berarti ada 60% faktor lain penyebab gemuk seperti lingkungan, gaya hidup, asupan gizi, dan pengeluaran kalori.

      Seorang bayi menjadi overweight karena intake-nya lebih. Kalau masukannya lebih, tentu harus disimpan dalam bentuk kenaikan berat badan.. :)

  11. robby March 16, 2014 at 4:44 am #

    Bun saya mw tanya, anak saya umur 2bln tepat bb nya udah 5,5kg bun gpp?
    Trus kalo di bwa renang di tmpt kolam anak apa boleh? Trmksh mhon jwabnya.

    • tips-bayi April 1, 2014 at 3:59 am #

      robby,

      BB bayi Anda termasuk bagus, meskipun 0,5 kg lebih dari BB ideal.

      Karena usia bayi Anda masih di bawah 6 bulan, sebaiknya proses berendam atau berenang dilakukan dengan air hangat. Oleh sebab itu, jika Anda berniat membawanya ke kolam renang umum, pastikan airnya hangat. Kolam renang besar dengan air dingin dikhawatirkan akan terlalu dingin untuk bayi di bawah 6 bulan. Mulailah berenang selama 10 menit. Jika sudah terbiasa, Anda bisa membiarkannya berada dalam air hingga selama 1/2 jam (untuk anak usia < 1 tahun, sebaiknya berenang tidak melebihi 1/2 jam). Perhatikan jika si kecil sudah mulai menggigil – segera keluarkan ia dari air.. ;)

  12. bundakhaira November 14, 2013 at 1:45 am #

    Tips bayi, mau nanya nih anak saya khaira terlahir prematur.sekarang usia nya sudah 8 bln dan bb nya hanya 5kg. Gmana sih caranya agar bb nya cepat naik? Padahal khaira makannya banyak,minum susunya juga kuat bgt. Trus sudah blh blm yah dibawa berenang? Mhn jwbn nya,trimakasih

    • tips-bayi November 18, 2013 at 3:47 am #

      bundakhaira,

      Khaira aktif dan tdak rewel kan Bun..? Kalau masih aktif dan tidak rewel Bunda jangan khawatir.. apalagi Khaira makan dan minum susunya kuat. Minum ASI kan..? Bagus Bun..
      Ingatlah pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Bunda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Bunda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat. Besar kecil atau kurus gemuk juga bisa turunan.. ;-)

      Berenang boleh Bun..

  13. umirani October 18, 2013 at 5:25 am #

    Bunda-bunda yang tinggal di sekitaran bekasi, terutama jati asih, di sini ada kolam renang indoor loh, ada baby pool dan kolam air hangatnya jadi lebih tenang ajak anak renang

    • NiQ November 29, 2013 at 7:05 am #

      Bun Umirani, bole info lebih lanjut, lokasi & htm kolam renang indoor nya. klo bs, info untuk yg daerah jaktim. trims

      • trias December 13, 2013 at 9:16 am #

        Klo untuk wilayah jaksel dmn ya bun?trims

    • Anonymous March 14, 2014 at 1:09 pm #

      Lokasinya dimana bun.?? Rumah ku di angkasa puri.. aku mau coba..

    • santi October 20, 2014 at 7:30 am #

      Bun umirani boleh info alamat swiming poolnya kebetulan aku tgl di jati asih..

    • Anonymous November 4, 2014 at 2:46 am #

      Lokasinya dmana bun umirani, saya tinggal d jatiasih nih.

  14. mama Akhsan October 4, 2013 at 7:58 am #

    Kalau berenang baiknya dengan perut kosong atau sudah terisi? saya pernah baca, baiknya makan dulu terlebih dahulu, minimal 1 jam setelah makan baru berenang, begitu ya? Rencananya anak saya minggu ini mau saya bawa ke kolam renang umum, umurnya sudah 12 bulan kurang 1 minggu.

    Trmksh

    • tips-bayi October 7, 2013 at 3:26 am #

      mama Akhsan,

      Benar Bun.. harus isi.. tapi jangan baru diisi langsung berenang.. ;)
      Perlu diperhatikan, untuk pertama kali bayi berenang, jangan terlalu lama cukup 10-15 menit di dalam air..

  15. bundany tivanka September 15, 2013 at 8:10 pm #

    Sharing dong… kolam renang yg kaporitnya rendah kaya dmn?
    Pengen nya sih ajak si tivanka berenang kya di atlantis sm snowbay
    tp pas baca jgn t4 umum… terus ajak kmn?? Tivanka skrng usia
    6,5 bln… terimakasih

    • tips-bayi September 20, 2013 at 7:34 am #

      bundany tivanka,

      Biasanya di kota-kota besar ada baby spa atau sejenisnya.. Jika kesulitan sementara Bunda bisa di rumah saja dulu menggunakan kolam karet.. ;)

  16. Ery September 10, 2013 at 5:00 am #

    Bagaimana mengajarkan pernapasan untuk berenang pada anak umur 2,5 tahun??
    Terima kasih

    • tips-bayi September 17, 2013 at 6:51 am #

      Ery,

      Teknik pernafasan bagi anak yang baru menganal olah raga renang, cara untuk mengambil nafas di atas permukaan air dan kemudian masuk permukaan air kemudian membuang sisa-sisa pembakaran melalui mulut . Jika belum biasa sepertinya sulit, namun bisa kita berikan latihan-latihan yang teratur, dalam tempo yang relatif tidak lama hal semacam itu mudah untuk di kuasai dengan baik.

      Beberapa bentuk pernafasan dapat di berikan sebagai berikut: untuk anak sebelum masuk air, cobalah terlebih dahulu latihan pernafasan di darat dengan melatih irama cara mengambil nafas melalui mulut dan mengeluarkan sisa pembakaran melalui mulut juga, hingga irama ini bisa di kerjakan secara otomatis.

      Kemudian setelah bisa di kerjakan hal di atas, cobalah cara di kerjakan di kolam dangkal atau kolam renang yang memungkinkan anak dapat berdiri. Ambilah udara melalui mulut kemudian tutup mulut dan masukan bagian muka ke permukaan air, setelah beberapa saat secara perlahan buanglah sisa pembakaran itu melalui mulut. Kerjakanlah secara berulang-ulang , dimana dengan dilakukan secara berulang-ulang di harapkan gerakannya bisa di kerjakan secara otomatis dan terbiasa..

      Selamat mencoba.. ;)

  17. Hernni Ratnawati August 12, 2013 at 3:39 am #

    Anak saya sekarang umur 6,5 bulan , dia sekarang dia sering sekali “pub” tapi keluar lendir warna hijau ,
    di lain itu telapak kaki dan tangan dia kenapa sering sekali basah ya ?
    minta tolong ya masukannya ya ,,
    terima kasih

    • tips-bayi August 12, 2013 at 4:29 am #

      Hernni Ratnawati,

      Ludah yang tertelan bisa menyebabkan BAB bayi terlihat berlendir. Ini karena ludah seringkali tidak bisa dicerna oleh usus.

      Namun lendir pada BAB juga bisa berarti ada infeksi atau alergi. Jika bayi anda BAB-nya berlendir dan disertai dengan gejala-gejala lain atau tidak ada perubahan lebih dari dua hari, maka hubungi dokter untuk memastikan semuanya baik-baik saja.

      Sebenarnya banyak berkeringat merupakan pertanda baik karena berarti kelenjar keringat berfungsi sempurna. Pengeluaran keringat merupakan proses sekresi atau pembuangan sisa-sisa garam dan juga racun dari dalam tubuh.

      Seberapa banyak pun keringat bayi yang keluar sebenarnya normal saja sepanjang bayi tidak terganggu oleh keringatnya. Masih dikatakan wajar bila bayi tidak rewel, selera makannya tetap oke, porsi tidurnya cukup, Aktif, dan pertumbuhannya tidak terganggu kan..? :-)

  18. haryo July 23, 2013 at 5:42 am #

    alo.. mau nanya ni. bayiku umur 1 bulan lebih 2 minggu. beratnya udah 5,3 kg. apakah boleh diajak ke baby spa memakai neckring?

    • tips-bayi July 29, 2013 at 5:46 am #

      haryo,

      Bayi Anda sudah 1,5 bulan ya.. Insya Alloh sudah boleh Anda bawa berenang atau ke baby spa menggunakan neckring. Konsultasikan dengan PR di tempat spa Anda.. ;-)

  19. cuteamel July 17, 2013 at 7:36 pm #

    Salam kenal…. anak saya kayla saat ini berusia 9 bln 28 hari, saat memasuki usia 9 bln anak saya sering sekali mengalami batuk dan pilek yg disertai dgn suhu badan yg panas (dgn suhu 36-37). apakah hal ini adalah hal yg wajar untuk anak seusia kayla??dan apakah ada efeknya jk hrs selalu di bawa ke dokter yg hrs selalu diberikan obat.

    • tips-bayi July 18, 2013 at 7:20 am #

      cuteamel

      Salam kenal kembali…Jangan khawatir Bun..anak seusia Kayla masih mudah sakit, kalau sakitnya cuma batuk pilek biasa..Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, dengan memberikan banyak ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.. Akan tetapi batuk berdahak bisa agak lama bertahan karena bayi atau anak biasanya susah atau tidak bisa membuang dahaknya sendiri..

      Gak apa-apa Bun kalau dibawa ke dokter.. Akan tetapi lebih baik kita jangan terlalu serampangan memberikan obat-obatan pada buah hati kita..

      Biasakan kritis ketika bertemu DSA Bun. Setiap kali dikasih resep obat, tanyakan itu apa, fungsi setiap obat itu untuk apa? Kan Bunda bayar jasanya… Dan sekarang, dokter-dokter yang ‘PELIT’ informasi akan tergeser seiring dengan meningkatnya kualitas pelayanan kesehatan.

      Sekarang sudah mulai bermunculan dokter-dokter di RS yang sudah bertanya, “Ada yang ingin ditanyakan lagi Bu/Pak?”… Nantinya kita harapkan semuanya seperti ini tentunya… ;-)

  20. Fauzan June 13, 2013 at 1:57 pm #

    Trimaksih sudah membuat artikel dan diskusi tanya jawab ini bun..
    Anak saya skrng usianya 1 bulan, sejak umurnya 3 minggu sudah saya bawa berenang pakai neckring di bathub dg air hangat, dia sangat menikmati berendam dan bermain2 didalam air, lama didalm air skitar stengah jam, bahkan pernah ketika mau diangkat malah nangis minta dimasukin lagi..
    Yg mau saya tanyakan, bagaimana caranya mengajarkan dia berenang & menyelam tanpa menggunakan pelampung, apakah kita lepas aja dia di air beberapa detik trus baru kita angkat.? Apakah aman bagi dia kalau refleknya menahan nafas belum bagus, dan dia menghirup air.? Mohon bimbingannya ya bunda.. Makasi..

    • tips-bayi June 18, 2013 at 4:07 am #

      Fauzan,

      Tips Latihan Berenang Untuk Bayi

      Ketika Anda pertama kali mengunjungi kolam renang umum, hendaknya memilih waktu ketika itu tidak terlalu sibuk. Carilah teman untuk datang dengan Anda atau bergabung dengan sesi ibu-dan-bayi. Jika Anda merasa santai dan percaya diri, bayi Anda juga akan merasa senang dan tenang.

      Pastikan mood Anda sedang bagus saat mengajarkan anak berenang. Dengan begitu Anda jadi lebih sabar.. ;-)

      Dalam setiap tahapan, ingatlah selalu untuk menciptakan suasana yang menyenangkan. Misalnya memerciki wajahnya dengan air atau bermain siram-siraman. Saat pertama kali memasuki kolam dalam, ada kemungkinan anak akan takut dan merasa waswas. Pastikan Anda ada di dekat mereka. Buatlah sedemikian rupa agar anak senang berada di dalam air.

      Sebagai langkah awal, ajak si Kecil bermain-main di pinggir kolam dulu. Sedikit demi sedikit ajak ke kolam yang lebih dalam.

      Bicara padanya dan memuji dia sepanjang waktu.

      Ketika Anda pertama kali masuk kolam renang, pastikan bahwa wajah bayi Anda dekat dengan Anda dan bahwa Anda memiliki kontak mata, memegang dia dekat dengan Anda. Anda berdua rileks dan merasa lebih percaya diri dapat memperpanjang lengan Anda.

      Biarkan percikan bayi Anda dan bermain dengan mainan mandinya. Lemparkan satu beberapa meter di kolam renang dan “zoom” dia melalui air untuk mengambilnya.

      Tempatkan mulut Anda di bawah air dan menunjukkan bayi Anda bagaimana meniup gelembung. Ini merupakan pelajaran penting baginya, karena ia tidak dapat menghirup air jika ia bertiup. Jika bayi Anda masih sangat muda, meniup mainan di air dan mendapatkan dia untuk meniup kembali atau setidaknya Anda menyalin bertiup.

      Ketika ia bisa duduk, menempatkan dia di sisi kolam renang dan bernyanyi “Balonku”. Ketika Anda sampai ke baris “Meletus balon hijau, dooorr..” sambil mengangkatnya ke dalam air dengan diiringi gerakan percikan air.

      Letakkan punggungnya dengan kepala bersandar di bahu Anda. Dorong dia untuk menendang kakinya.

      Jika kepercayaan diri anak sudah semakin meningkat, Anda boleh mencoba gerakan yang lebih sulit. Tengkurapkan anak, sanggah badannya dengan kedua tangan Anda. Minta dia melebarkan lengan seolah-olah menjadi pesawat. Pasti dia senang. Setelah itu, tingkatkan kesulitannya. Pegang ketiak anak dengan dua tangan dan biarkan kakinya bergerak-gerak sendiri. Dengan begini, sedikit-sedikit anak belajar cara mengapung.

      Gerakan mengapung, sebenarnya merupakan kemampuan yang dimiliki manusia secara alami. Anda bisa mengajari anak dengan menelentangkan badan mereka di kolam setinggi pinggang. Biarkan beberapa saat sampai anak merasa nyaman dengan posisi itu. Begitu sudah nyaman, dalam posisi yang sama, minta mereka melengkungkan punggung. Lalu perlahan-lahan, jauhkan tangan Anda dari punggung anak. Siap-siap membantu jika anak panik dan ketakutan. Proses ini perlu waktu yang cukup lama sampai anak merasa percaya diri untuk mengapung dengan telentang. Tak apa-apa, jalani saja, pasalnya tahapan ini sangat penting. Nantinya, kalau ketakutan saat sedang belajar berenang, mereka bisa langsung membalikkan badan dan mengapung, sampai kepanikan hilang dan siap mencoba kembali.

      Jika anak sudah pintar melayang di air saat tangannya Anda pegang, lepaskan dia dan biarkan berenang sendiri. Tetaplah berada di dekat anak agar mereka juga merasa aman. Sebaiknya mulailah belajar berenang di kolam yang tidak terlalu dalam. Anda bisa berdiri di satu titik dan mintalah anak berenang ke Anda. Berikan selamat jika dia berhasil. Lakukan proses ini beberapa kali, tahu-tahu anak sudah berenang bolak-balik di kolam.. ;-)

  21. agam June 7, 2013 at 3:26 am #

    mau nanya nih, pengen ngajak agam renang pakai neckring, tp saya masih takut lehernya belum kuat,usia agam skrng 3 bulan..mksh infonya

  22. agam June 7, 2013 at 3:23 am #

    mau nanya nih,pengen ngajak agam renang pakai neckring,tp sy msh takut,tkt lehernya belum kuat, usia agam skrng 3 bln…mksh

    • tips-bayi June 8, 2013 at 3:12 am #

      agam,

      Agam sudah 3 bulan ya.. itu sudah boleh pakai neckring Bun.. Insya Allah sudah kuat kok.. ;-)

  23. icha May 21, 2013 at 9:06 am #

    Salam kenal, anak saya sdh 8,5 bulan BB 7,8 kg n pjnya 70cm, sudah hampir 4 bulan ini dia batuk tdk sembuh-sembuh n sdh gonta ganti dktr, katanya ank saya alergi debu, yang mau saya tanyakan klo kondisi ank saya masih batuk n pilek apkh boleh diajak berenang di air hangat, krn sy sdh lama pgn ajak renang tp krn batuknya msh ada sy jd takut, tlg sarannya y, tx

    • tips-bayi May 29, 2013 at 12:51 am #

      icha,

      Salam kenal kembali..

      Sedang batuk dibawa rendem air hangat BOLEH.. perhatikan saja kebersihan airnya Bun.. ;-)

      Dan tetap Bun.. Bunda harus memastikan pemicu alerginya, bisa saja bukan alergi debu ya..

      Beberapa pemicu yang dapat mengakibatkan alergi bagi bayi, terutama bagi bayi yang memilikii saluran nafas sensitif atau memiliki riwayat alergi dalam keluarganya:

      1. Debu rumah
      2. Bulu binatang peliharaan
      3. Asap rokok
      4. Obat nyamuk
      5. Binatang-binatang kecil
      6. Asap kendaraan
      7. Serbuk sari tanaman
      8. Asap hasil bakaran sampah
      9. Infeksi saluran nafas (biasanya terjadi karena virus)
      10. Perubahan cuaca
      11. Aktivitas fisik yang berlebihan
      12. Kombinasi dari beberapa faktor penyebab di atas

  24. Bunda Gh1na May 1, 2013 at 12:36 pm #

    bund, baby ku 5 bulan 1 minggu. sudah bisa belum ya berenang dengan neck ring?

  25. bunda tata April 19, 2013 at 1:37 am #

    saya ma tanya bun,anak saya usiany 5,5 bln BBny 6,8kg n TBny 65cm itu termasuk ideal a bun,soalny 3bln terakhir berat bdannya nai g sampai 1 kg,paling banyak hny 5 ons..,tolong tipsny y bun supaya berat bdn anak sy naikny bagus…

    • tipsbayi April 19, 2013 at 2:40 am #

      Wah, itu BB-nya sangat normal kok bun ;)

  26. Sri Andriany April 14, 2013 at 1:33 pm #

    Kalo untuk anak usia 1 Tahun baiknya menggunakan pelampung atau ban renang yaa bun? Kalo pakai neckring bgmna yaa,,?Tolong Penjelasannya bun..Makasih

    • tipsbayi April 14, 2013 at 1:35 am #

      Kalau untuk belajar berenang, penggunaan pelampung tidak dianjurkan bun, karena membuat si kecil malas belajar mengapung sendiri. Kecuali kalau hanya mau ‘main air’, ya sah-sah saja menggunakan pelampung. Yang dianjurkan sebenarnya pelampung yang berbentuk papan atau woogle yang terbuat dari gabus panjang, karena dengan yang model ini, si kecil bisa maksimal berusaha menjaga keseimbangan tubuhnya dalam air. Selamat berenang!

  27. Novita March 23, 2013 at 7:51 pm #

    Baby umur 2bln sudah boleh pake neck ring gak ?

    • tips-bayi March 25, 2013 at 7:20 am #

      Novita

      Sebaiknya Bun jangan dulu deh…..;-)

      • Tika December 18, 2013 at 7:37 pm #

        Kalo bukan pake neck ring, jadi pakai apa dong bun?

  28. Anonymous December 31, 2012 at 7:23 am #

    baby q br b’umr 4,5 bln BBx 6,1 kg,pnjgx 6,3 cm. msh bgs g bun?0h yy6 sy mau tanyakan jg bun knp ank q leher jg kakinya blm jg kuat(masih agak lemas)mhon solusinya bun…trims….

    • tips-bayi January 4, 2013 at 3:33 am #

      Anonymous,

      BB Bayi Anda cukup bagus.. begitu juga dengan TB ideal dengan usianya..

      Dan.. usia bayi Anda masih 4,5 bulan.. masih banyak harapan berubah membaik. Kekuatan leher sebagai penopang juga akan semakin baik dikemudian hari. Jangan khawatir..

      Anda bisa merangsangnya dengan mengajak komunikasi bergantian sisi agar bayi Anda terlatih menggilir leher..

      Stimulasi lain untuk bayi 3-6 bulandapat dilakukan dengan cara:

      Bermain ‘cilukba’, ber-cermin dan berekspresi kepadanya di hadapan cermin, merangsang untuk tengkurap, telentang bolak-balik, serta duduk.

  29. eko December 5, 2012 at 12:39 pm #

    senang sekali sy dapat web ini. tlg tanya kalau anak sudah 88cm 15bulan kan renang di kolam renang (krn kolam tiup tdk ada yg cukup). pertanyaannya adalah apa tidak apa dikolam renang umum (kan banyak kaporitnya) dengan usia 15bulan
    . tx

    • tips-bayi December 6, 2012 at 2:50 am #

      eko

      Kolam tiup sudah ga cukup ya..?

      Bunda harus pintar-pintar mencari tempat yang baik untuk bayi Anda. Apabila ingin membawa bayi Anda berenang, kita cari kolam renang yang memang kadar kaporitnya rendah, sirkulasi airnya bagus, dan yang penting kita harus hati-hati dalam mencobanya..

  30. bunda arsyad November 29, 2012 at 3:54 am #

    mohon masukkannya..sebaiknya baby berenangnya dengan neckring/pelampung atau tidak ya untuk baby 4 bulan?

    • tips-bayi November 30, 2012 at 1:20 am #

      bunda arsyad

      Usia segitu sebaiknya berenang menggunakan pelampung..
      Perlu diperhatikan, untuk pertama kali bayi berenang, jangan terlalu lama cukup 10-15 menit di dalam air.

  31. mamah Royyan November 28, 2012 at 1:42 pm #

    Baby saya usia 3bln saya ajak spa, usia 8bln sdh saya bawa ke kolam umum dgn tetap m’gunakan neckring. Alhmdllh, baby seneeeng bngt smbl teriak2..malahan sdh mli di lepas sndr sama papahnya. Shgg dia bisa bergerak dgn bebas smbl sesekali menegur org2 di sekitarnya…yg ingin saya tanyakan, boleh sj kan berenang di kolam umum? Dgn bercampur org banyak? Yg air nya berkaporit serta seringnya org buang air kecil n berludah disitu..oya, bgmn dgn baby saya skrg 9bln berat 8,4kg-73cm
    Trims

    • tips-bayi November 30, 2012 at 12:23 am #

      mamah Royyan,

      Wah kolam umum ya..? Waduh Bun..terlalu beresiko Bun.. Kalau sudah tahun gak apa-apa deh Bun..
      BB bayi Bunda termasuk bagus.. 1/2 kg lagi ideal, dan TB nya termasuk ideal dengan usianya

  32. jamilah mile November 28, 2012 at 6:32 am #

    gimana cara megang bayi 3bln,saat bereng?aq belum faham gmn cara mengajak bayi berenang…

    • tips-bayi November 29, 2012 at 4:29 am #

      jamilah mile,

      Peganglah dada bayi menghadap Anda, lakukan kontak mata saat bayi masuk ke air, dan pastikan wajah Anda dekat dengan wajah bayi untuk memberikan kenyamanan.

      Anda bisa mulai dengan mengajak bayi “berjalan” menyusuri pinggir kolam renang. Anda juga dapat menengkurapkan bayi sambil menopang bawah perutnya. Posisi bayi horisontal di atas permukaan air, dan biarkan kakinya menendang-nendang. Pastikan kepalanya tetap berada di atas air.

      Posisi selanjutnya, posisikan bayi dengan membaringkanya dengan kepala menghadap ke langit dan tangan Anda menopang punggungnya.

      Sambil istirahat dudukkan bayi di tepi kolam, dan Anda berada di dalam air sambil memegang tubuh bayi.

      Perlu diperhatikan, untuk pertama kali bayi berenang, jangan terlalu lama cukup 10-15 menit di dalam air.

  33. bunda zikri November 27, 2012 at 7:50 am #

    Zikri, anak saya udah 1 thn 4 bln, sdh beberapa kali di bawa ke kolam berenang. expresinya seneng sekali. tapi saya masih takut kalau melepasnya sendiri, krn dia pernah tercelup ke air tanpa sengaja, kemudian zikri megap2 gitu. sampai sekarang masih dipegangi papanya saja kalau di kolam. gmn baiknya ya tips. apakah pakai neck ring saja atau dibiarkan kepalanya mencelup air supaya terbiasa.

    • tips-bayi November 29, 2012 at 3:04 am #

      bunda zikri,

      Hmm.. Agar Anda tenang dan juga bayi Anda nyaman gunakan saja pelampung dulu.. apapun jenisnya yang membuat bayi Anda nyaman tidak stress..

  34. Bunda Zafet October 18, 2012 at 3:25 am #

    Anakku didiagnosa oleh dokter memiliki kelainan jantung PDA. adakah jadwal khusus untuk berenang? karena sebelumnya saat umur 9 bulan sy ajak renang zafet senang sekali bahkan cenderung tidak mau kluar dari air, kaki dan tangannya terus bergerak sambil teriak2 kegirangan dan ketawa2. apakah kegiatan berenang ini menjadi hal yg positif atau hal yg negatif bagi anak sy? anak sy umur 11 bln skrg BB nya 7,5kg.

    • tipsbayi October 23, 2012 at 1:37 am #

      @Bunda Zafet,

      Pada umumnya, bayi dengan kelainan jantung bawaan tidak diperbolehkan berenang. Sebaiknya Anda tanyakan ke DSA Anda, aktifitas apa saja yang baik untuk perkembangannya dan apa yang malah berbahaya… Semoga Zafet tumbuh dengan sehat dan cerdas ya Bun… :)

      • Bunda Zafet October 24, 2012 at 7:17 am #

        sudah aku tanya DSA nya, alhamdulillah boleh tips, beliau bilang sekuatnya bayi :)
        oh ya tips, kalau untuk BB anakku agar naik bagaimana ya,,? skrg umur 11bln BB 7.3kg. belakangan ini susah sekali makan, wktu umur 10bln BB nya 7.3kg juga :(
        mohon tipsnya yaa gimana menyiasatinya,,, :)

        • tipsbayi November 1, 2012 at 1:30 am #

          @Bunda Zafet,

          Ini tips yang kerap kami berikan juga mengenai bayi yang susah makan…

          Cobalah membuat suasana hatinya senang… misalnya sambil menyuapinya, Bunda mengajaknya jalan-jalan, melihat sungai, kebun, kereta api, atau apa saja yang berada di lingkungan sekitar rumah Bunda.

          Jangan memaksa si kecil makan sambil memarahi, apalagi sampai mencubit atau memukul ketika ia mogok makan. Ini akan berakibat negatif kepadanya.

          Coba usahakan juga untuk ‘membuatnya lapar’, artinya coba kurangi asupan susu, sekedar untuk membuat nafsu makannya meningkat.

          Buatlah makanan dalam bentuk yang menarik, warna-warni, sehingga ia pun tertarik untuk mencicipinya.

  35. rahmi anindya October 18, 2012 at 1:23 am #

    anak saya rafa dari umur 3bulan sudah di ajak berenang. Sekarang 6bulan makin pinter renangnya. Rafa jadi tambah berani, tambah pede, dan tambah lincah. Trims tips bayi atas infonya :) ayo bunda2 yg lain, ajak buah hatinya berenang. Menyenangkan lho :D

    • Mom's Gamanta November 3, 2012 at 4:55 am #

      Hai Bunda Rahmi…

      Mau tanya donk,, dari umur 3′buLan sdh di ajak berenang tuh pake air dingin atw hangat ya…?? coz aku msh takut ajjah nich pas babbyQ mw di ajak renang dari umur 3′buLan,,, sekarang umur babbyQ baru masuk 4′buLan.
      Berenang nya ditempat umum atw di rumah ya…?? bagi2 info nya ya Bun…

    • fita March 26, 2013 at 3:20 am #

      alo bunda rahmi,, mo nanya donk, dd rafa nya dbawa renangnya dmn y?q pengen ajak bayiku renang (bukan spa-yg pake neckring) dmn y? q tinggal d bgr, klm renang umum yg q temuin ga da yg air anget,,mksh

  36. Putries October 17, 2012 at 2:24 am #

    kalau mengajak anak ke kolam renang umum itu baik’y waktu’y jam berapa ya? pagi atau sore..? karena kebanyakan kolam renang umum outdoor yang tidak ada kanopi penutupnya.

    • tipsbayi October 17, 2012 at 4:01 am #

      @Putries,

      Pagi atau sore tidak masalah Bun, pilih yang nyaman saja buat Anda sekeluarga…

  37. Mommy baby AL October 11, 2012 at 3:40 pm #

    Babyku dah sejah 2 bulan rutin berenang smp sekarang dah 7 bulan. Tp klo sdh imunisasi campak br berani di bw ke kolam umum.

  38. purwadi October 10, 2012 at 1:24 pm #

    anak saya merasa girang sekali disaat dimandikan…
    bagaimana kalau seandainya di tempat umum?apa yang perlu jadi perhatian utama?
    terima kasih..

    • tipsbayi October 11, 2012 at 4:44 am #

      @purwadi,

      Seperti yang tertulis di atas, usahakan airnya hangat jika bayi Anda berusia < 6 bulan. Pastikan juga Anda selalu awas meng-handle si kecil…

  39. Mami azri October 10, 2012 at 6:04 am #

    Udh gk sabar rasanya ngajak jagoanku azri berenang

  40. mama ranisya October 5, 2012 at 4:55 am #

    seneng bca artikel bt berenang..br mw ajak dd ranisya berenang krn bb nya da 5.2 kg jd da blh berenang..jd tambah semangat makasih ya tips bayi

Leave a Reply