Bagaimana Jika Anak Atau Bayi Batuk? (1)

Seringkah bayi Anda batuk? Jika iya, maka sangatlah bijaksana jika Anda mengetahui terlebih dahulu berbagai jenis batuk pada bayi, apa yang menyebabkannya, serta bagaimana cara mengatasinya.

Salah-salah, bisa jadi batuk bayi yang Anda anggap remeh, ternyata berbahaya – atau sebaliknya, batuk yang sebenarnya tidak terlalu berbahaya membuat Anda terlalu cemas berlebihan…

Asma

Gejala Batuk yang Disebabkan Asma

Batuk biasanya dibarengi dengan suara seperti siulan atau bersuit, biasanya berlangsung sampai lebih dari 10 hari. Batuk jenis ini juga seringkali terjadi di malam hari, atau ketika anak atau bayi Anda lelah bermain, atau ketika si kecil terekspos pada suhu udara yang dingin, debu dan asap.

Penyebab Asma

Penyakit asma adalah penyakit yang mempunyai banyak faktor penyebab, dimana yang paling sering karena faktor alergi. Faktor-faktor penyebab dan pemicu penyakit asma antara lain debu rumah dengan tungaunya, bulu binatang, asap rokok, asap obat nyamuk, dan lain-lain.

Asma juga merupakan penyakit keturunan. Bila salah satu atau kedua orang tua, kakek atau nenek anak menderita penyakit asma maka bisa diturunkan ke anak.

Cara Mengatasi Batuk Bayi yang Disebabkan Asma

Asma tidak dapat disembuhkan dan obat-obatan yang ada saat ini sebenarnya hanya berfungsi menghilangkan gejala. Namun, dengan mengontrol penyakit asma pada bayi dan anak Anda melalui konsultasi medis -jika asmanya masih taraf ringan- anak Anda dapat bebas dari gejala penyakit asma yang mengganggu sehingga dapat menjalani aktivitas hidup sehari-hari dengan baik.

Bronchiolitis

Gejala Batuk yang Disebabkan Bronchiolitis

Gejala pertama Bronchiolitis biasanya mirip dengan flu biasa:

  1. pilek
  2. batuk ringan
  3. bersin-bersin
  4. demam ringan

Dalam 7 hari bisa diikuti dengan batuk yang semakin parah yang disertai dahak serta suara nyaring seperti bersiul.

Penyebab Bronchiolitis

Bronchiolitis adalah penyakit umum yang banyak diidap oleh bayi dan anak kecil.

Berbeda dengan Bronchitis, Bronchiolitis merupakan infeksi virus yang terjadi pada saluran udara kecil pada paru-paru yang disebut bronchioles. Ketika radang, mereka akan menyembul dan terisi dengan lendir, sehingga bayi atau anak sulit bernafas.

Penyakit ini memang paling sering menyerang bayi dan anak-anak kecil dan biasanya terjadi selama 2-3 tahun pertama kehidupan mereka, dengan puncak gejala sekitar umur 3-6 bulan. Bronchiolitis juga lebih sering diderita oleh laki-laki, anak-anak yang tidak minum ASI, dan orang-orang yang tinggal di lingkungan padat penduduk.

Walaupun seringkali dianggap ringan, tapi beberapa bayi beresiko untuk terjangkit lebih parah, bahkan hingga memerlukan rawat inap. Kondisi yang menyebabkan resiko Bronchiolitis bertambah parah yaitu bila si bayi atau anak mempunyai latar belakang penyakit jantung, penyakit paru-paru, serta memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah karena penyakit lain atau obat-obatan.

Cara Mengatasi Batuk Bayi yang Disebabkan Bronchiolitis

Pastikan bayi atau anak Anda banyak minum. Langkah yang bijaksana adalah memeriksakan kondisinya kepada dokter anak, karena bisa jadi bayi Anda memerlukan perawatan khusus.

Influenza/ Pilek

Gejala Batuk yang Disebabkan Influenza

Batuknya biasanya bersifat basah, tanpa ada suara siulan ataupun ritme nafas bayi yang menjadi cepat. Biasanya batuk jenis ini terlihat pada bayi sepanjang hari,baik siang maupun malam. Gejala lain yang sering ditemui adalah hidung dan mata yang berair, bersin-bersin, serta demam ringan.

Penyebab Influenza

Penyebab flu adalah infeksi viral pada bagian hidung, tenggorokan dan saluran pernafasan utama. Batuk yang disebabkan oleh influenza biasanya akan berakhir seiring dengan hilangnya flu, yaitu sekitar 7-10 hari. Tapi pada sebagian kasus, ada juga yang batuknya terus berlanjut hingga 2 minggu.

Cara Mengatasi Batuk Bayi yang Disebabkan Influenza

Pertama-tama, usahakan agar saluran pernafasan bayi Anda bersih. Soalnya, saluran pernafasan yang kotor dapat membuat batuknya tambah parah.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan obat tetes hidung atau alat penyedot khusus, karena bayi atau anak Anda tidak bisa mengeluarkan cairan yang menyumbat hidungnya.

Jika anak Anda sudah berusia lebih dari 2 tahun, maka obat dekongestan bisa saja Anda gunakan. Jika batuknya belum hilang juga setelah 10 hari dan hidungnya masih tersumbat, sebaiknya Anda periksakan lagi ke dokter anak Anda. Bukan apa-apa, takutnya anak Anda menderita penyakit lain seperti asma, sinusitis, atau alergi.

baca lanjutan penyebab batuk pada bayi

Tidak ada artikel yang berhubungan.

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

228 Responses to Bagaimana Jika Anak Atau Bayi Batuk? (1)

  1. Anonymous September 24, 2014 at 3:31 pm #

    Dok saya mau tanya , anak saya dzaki umurnya 1,5 blan skarang mndrita batuk pilek demam, tdi siang sudah sya priksakan di bidan desa , tapi skrg gk da perubahanya, nafasnya susah krna hidungnya penuh ungus, sya kasian , trus gimana cara ngilangin ingus itu , agar nafasnya lega, trus smbuh dari semua itu

    • tips-bayi October 30, 2014 at 6:55 am #

      Anonymous,

      Jika hanya pilek atau flu biasa.. Insya Alloh bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, dengan kompres, memberikan banyak ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup .. :)

      Untuk menghilangkan reak atau dahaknya, jemurlah setiap pagi dengan posisi miring, dengan begini biasanya cairan reaknya kan keluar.. Untuk melegakan nafasnya berikan kehangatan di dada dan punggungnya dengan minyak telon.

      Sebenarnya ada juga alat untuk sedot hidung, akan tetapi jika tidak punya.. Bunda bisa coba cara berikut: miringkan ke kanan jika hidung kiri yang mampet dan miring ke kiri jika hidung kanan yang mampet.. ;)

  2. obat batuk anak July 17, 2014 at 7:15 am #

    kemarin bayi tetangga saya sakit bronictis …sertinya butuh enam bulanan perawatannya

  3. ardian July 14, 2014 at 2:10 pm #

    assalamu’alaikum alhamdulillah dok,sy ikut saran dokter memberi kehangatan pada dada dn punggung pakai minyak kayu pth cm sy campur bwang merah dan rutin sy kash dn hasilnya batuk anak sy smbuh dgn sndirinya tnpa minum obt lagi.

    • tips-bayi July 15, 2014 at 7:41 am #

      ardian,

      Alhamdulillah.. Kami turut gembira mendengarnya, semoga buah hati Anda sehat selalu.. :)

  4. Lydia July 13, 2014 at 7:39 am #

    Sebelumnya terimakasih dok atas artikel batuk pada anak, kebetulan anak saya 1 tahun 3 bulan berat 10,3 kg, sedang menderita batuk pada malam hari dan ini sudah kedua kalinya setelah 4 bulan lalu. Saya sudah ke dokter waktu 4 bulan lalu dokter bilang ini karena alergi ada turunan dari papanya jadi saya bersihkan kamar dari kemungkinan debu di sekitar untungnya batuk hilang. Tapi sekarang kumat lagi dan disertai demam dan sempat poopnya lebih encer dari biasanya dan hijau padahal tidak makan sayuran. Dokter bilang alergi susu jadi radangnya sampai ke usus jadi kita disuruh ganti susu non laktasi dan diberikan obat. Radang dan demam sudah sembuh termasuk diarenya. Yang masih sampai sekarang hanya batuk di malam harinya…obat batuk puyer juga sudah mau habis tapi batuk gak juga sembuh….

    Yng ingin saya tanyakan apabila ini karena alergi dingin ataupun asma kenapa batuknya datang lagi setelah 4 bulan lalu ya? Kalau karena suhu AC yang dingin kok kalau di tempat lain yang bersuhu AC bahkan lbih dingin dia tidak batuk, hanya pas tengah malam saja saat lagi tidur.

    Anak saya kalau tidur memang kadang terdengar suara nafasnya….dan perlukah dia minum obat batuk?

    • tips-bayi August 5, 2014 at 6:03 am #

      Lydia,

      Batuk-batuk berulang pada malam hari, terutama tengah malam sampai menjelang subuh dapat berupa tanda atau gejala asma. Pada bayi, umumnya batuk merupakan satu-satunya gejala asma yang ada. Ada anak yang mengalami batuk pada malam hari namun tidak pada siang hari. Ada juga anak yang batuk-batuk pada siang hari.

      Penyebab pasti kenapa asma lebih berat ketika tidur tidak diketahui. Namun faktor risiko yang berpengaruh antara lain, paparan terhadap alergen pada malam hari, suhu udara yang mendingin, posisi tidur, atau tidur itu sendiri (dan pengaruhnya terhadap fungsi bronkial).

      Terlebih Bunda sebutkan selain batuk ada keluhan suara napas berbunyi, apakah bunyinya ‘ngik-ngik’ (mengi) atau seperti kesulitan bernapas? Dan anak Bunda sering batuk atau flu berulang setelah 4 bulan.. Apakah ada paparan asap rokok atau bau-bau yang kuat? Apakah ada kontak dengan binatang peliharaan atau debu? Apakah ada riwayat alergi pada orang tua atau saudaranya?

      Untuk memastikan diagnosis asma, sebaiknya bawa anak Bunda ke dokter anak. Sementara itu, pastikan tidak ada kontak dengan kemungkinan alergen seperti hewan peliharaan, asap rokok, dan debu. Hindari penggunaan tirai jendela (gorden) ataupun karpet, serta hindari adanya penumpukan barang dalam kamar.

      Untuk BAB hijau masih wajar dan masih normal bukan alergi tetapi tidak boleh terus-menerus muncul seperti itu, berarti sufor atau makanan yang bayi Bunda konsumsi mempunyai kandungan gula & laktosa tinggi tapi rendah lemak.. :)
      ASI yang terbaik..!

  5. ardian June 21, 2014 at 5:45 pm #

    dok,mau tanya umur anakq 1thn 3 bulan kurang lbh 3 bulan batuk brdahak sdah sy bw ke dsa ambil sampel dahak,rontgen diuap dkash obat tp msh batuk.batuknya sih gk keseringan dn gk ad wktunya.mash ngedot susu formulanya lancr,gk demam n mash aktf brmain.kira2 apa solusinya dok mhon jawabannya.jumiana

    • tips-bayi July 3, 2014 at 7:46 am #

      ardian,

      Sudah konsul dengan DSA dengan membawa sample dahak, gimana diagnosanya Pak.. ?

      Batuk pada anak dapat disebabkan berbagai penyebab yang terdapat di sepanjang saluran napas, mulai hidung sampai paru-paru.

      Batuk kronis (berlangsung lama) pada anak didefinisikan sebagai batuk setiap hari yang berlangsung selama lebih dari 3 minggu. Bila terdapat batuk lebih dari 3 minggu, maka perlu berkonsultasi dengan dokter dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

      Penyebabnya bisa berbagai macam:
      . Infeksi, antara lain disebabkan oleh : respiratory syncytial virus (RSV), adenovirus, Mycoplasma pneumoniae, chlamydial pneumonia, batuk rejan (pertussis) dan tuberculosis (TBC) paru.
      . Asma.
      . Postnasal drip syndrome, antara lain : Rhinitis dan Sinusitis
      . Faktor lingkungan : asap rokok, debu, gas yang berbahaya bagi tubuh.
      . Gastro-esophageal reflux.

      Jadi, sekali lagi Anda harus bawa konsultasi dengan DSA, dan jangan sungkan untuk menanyakan dengan jelas diagnosa dan penanganannya.. Karena sekarang, dokter-dokter yang ‘PELIT’ informasi akan tergeser seiring dengan meningkatnya kualitas pelayanan kesehatan.

      Sekarang sudah mulai bermunculan dokter-dokter di RS yang sudah bertanya, “Ada yang ingin ditanyakan lagi Bu/Pak?”… Nantinya kita harapkan semuanya seperti ini tentunya… ;-)

  6. Bunda reyhan June 19, 2014 at 2:25 pm #

    Malam dok.. saya lg panik nih, bayi saya br umur kurang 2bulan, skrng lg flu+batuk2 brdahak. bayi sy blum sy bawa ke dokter, jadinya sy yg mnum obat mixagrip, apa g jd masalah ini dok, sakitnya udah lbih dr 3hari..tolong jwab y dok. trima kasih.

    • tips-bayi July 3, 2014 at 5:56 am #

      Bunda reyhan,

      Minum obat seperti itu, jangan diulangi lagi ya Bun.. :)
      Banyak berikan ASI dan banyak istirahat.. Karena jika hanya pilek atau flu biasa.. Insya Alloh bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, dengan memberikan banyak ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup ..

      Tapi memang untuk batuk berdahak agak lama karena bayi belum bisa mengeluarkan dahaknya.. Berikan kehangatan pada punggung, dada dan lehernya.. Semoga lekas sembuh.. ;)

  7. idah jubaedah April 21, 2014 at 6:40 am #

    Dear Tipsbayi

    Saya mau tanya, anak saya sekarang berusia 6 bulan, hari pertama selasa dia dikasih mp-asi biskuit, dan siang nya dikasih pisang, ga tau keselek atau gimana, dy jadi batuk. dan batuk nya itu parah, berdahak, tapi dahak nya ga bisa keluar. pada waktu hari jumat saya bawa ke bidan dan harus di uap, bidan bilang harus berturut2 3x sampe hri minggu, pas di uap hari jumat batuk nya sudah agak mendingan, maka nya pada waktu jadwal ke 2 diuap, saya ga dateng, ternyata pada hari 3 nya itu batuk nya kambuh lagi,
    dan baru dateng lgi ke bidan, pada waktu hari minggu ke bidan harus 3x berturut2 di uap, yang inigin saya tanyakan, apakah aman untuk bayi saya di uap beberapa kali seperti itu ? apakah ada efek samping nya.?
    tolong dijawab ya,, soal nya sampe sekarang saya masih bingung..
    terima kasih

    • tips-bayi May 3, 2014 at 5:57 am #

      idah jubaedah,

      Istilah ‘diuap’ atau penguapan yang dikenal awam adalah tindakan yang dalam terminologi medis disebut nebulisasi. Yakni pemberian obat ke saluran pernafasan yang dihirup menggunakan alat yang disebut nebulizer. Untuk pengobatan penyakit pernafasan tertentu, terutama penyakit asma, metode ini dinilai para ahli lebih efektif. Karena, obat yang diberikan bisa langsung menuju sasaran, yaitu saluran pernafasan. Sehingga jalannya obat yang beredar ke seluruh tubuh juga sangat sedikit dan efek samping obat pun berkurang.

      Dengan kata lain, bila indikasinya tepat seperti mengatasi serangan asma, maka metode ini aman dan efektif. Namun, tidak semua batuk dan pilek memerlukan tindakan ini, apalagi bila dokter mensyaratkan untuk melakukannya beberapa hari berturut-turut.

      Jika batuk anak Anda merupakan gejala asma, maka tindakan nebulisasi bisa dikerjakan. Sebagian besar kasus batuk pilek adalah karena infeksi virus, sehingga untuk mengatasi banyaknya lendir atau dahak, adalah memberi minum yang banyak dan istirahat yang cukup.. ;)

  8. asma April 8, 2014 at 1:30 pm #

    Doktor.bulan februari anak saya batuk teruk,sehingga dia muntah dan sesak nafas.dia ditahan dalam wad dan diberi nebulizer dan antibiotik.sebulan selepas itu,dia kembali batuk dan sesak nafas.adakah salbutamol yang diberi oleh doktor sesuai untuk bayi umur 5 bulan.boleh tak saya bagi madu untuk melegakan batuk?

    • tips-bayi April 23, 2014 at 6:19 am #

      asma,

      Untuk konsumsi obat-obatan, selalulah konsultasi dengan dokter. Sebenarnya jika hanya pilek atau flu biasa.. Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, dengan memberikan banyak ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok..

      Biasakan kritis ketika bertemu DSA Bun. Setiap kali dikasih resep obat, tanyakan itu apa, fungsi setiap obat itu untuk apa?
      Kasihan bun.. masih bayi sudah banyak dicekokin obat ya..? Apalagi antibiotik..

      Madu bagus.. Madu termasuk antiradang (anti-inflamasi), anti-infeksi, antibiotik, antibakterial dan menambah tenaga..

  9. anggi April 2, 2014 at 6:58 am #

    Dok, anakku umurnya 13 bulan.lagi batuk filek dan muntah.sudah dibawa ke dokter dikasih antibiotik,saya hangatkan dada dan punggunya,kemudian diberi perasan jeruk.tapi belum juga sembuh.sedangkan untuk muntahnya kira2 knpa dok, apa krna kembung?muntuhnya bukan stelah batuk saja, tiba2 muntah makanan yang sudah di makan keluar.saya beri makan porsinya sedikt biar ga kekenyangan.mohon solusinya dok.

    -terim kasih-

    • tips-bayi April 8, 2014 at 2:55 pm #

      anggi,

      Untuk batuk yang berdahak pada bayi memang bisa agak lama karena bayi belum bisa membuang dahak sendiri. Dan oleh sebab dahak juga bayi bisa muntah. Atau bisa saja jika muntah ketika tidak batuk karena rasa pahit di mulut ketika sedang sakit, maka bayi tidak jarang memuntahkan makanannya.

      Berikut juga penyebab bayi muntah selain karena batuk berdahak:

      - Tanda Alergi
      Pada umumnya gejala dan tanda yang ditimbulkan akibat alergi susu sapi dibagi atas Reaksi cepat yaitu dalam 45 menit setelah paparan, berupa: erupsi pada kulit, bersin-bersin, batuk, hidung berair, ngorok. Reaksi lambat (terjadi dalam 20 jam) setelah paparan berupa diare, pucat, muntah. Reaksi sangat lambat (setelah 20 jam) berupa diare, gejala gangguan pernafasan..

      - Pemakainan gurita.
      Kalau bayi Anda masih memakainya, coba lepas saja.

      - Posisi menyusui atau makan
      Sering ibu menyusui sambil tiduran dengan posisi miring sementara si bayi tidur telentang. Akibatnya, cairan tersebut tidak masuk ke saluran pencernaan, tapi ke saluran nafas. Bayi pun muntah. Karena itu, kalau menyusui, posisi bayi dimiringkan. Begitu juga ketika memberi makan kepalanya harus lebih tinggi dari kaki sehingga membentuk sudut 45 derajat. Jadi cairan atau makanan yang masuk bisa turun langsung ke bawah..

      - Tersedak

      - Lambung yang penuh juga bisa bikin bayi gumoh. Ini terjadi karena makanan yang terdahulu belum sampai ke usus, sudah diisi makanan lagi. Akibatnya si bayi muntah. Lambung bayi punya kapasitasnya sendiri. Misalnya bayi umur sebulan, ada yang sehari bisa minum 100 cc, tapi ada juga yang 120 cc. Nah, si ibu harus tahu kapasitas bayinya. Jangan karena bayi tetangganya minum 150 cc lantas si ibu memaksakan bayinya juga harus minum 150 cc, padahal kapasitasnya cuma 120. Jelas si bayi muntah…

      Ada baiknya juga Anda kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/kolik_bayi.html

      Oh ya.. benar, Bunda bagus memberikan makanan dengan porsi kecil tapi sering untuk menghindari dimuntahkan karena rasa kurang nyaman.

  10. anggi April 2, 2014 at 6:53 am #

    Dok, anak saya umur 13 bulan BB 10 Kg.saat ini sedang batuk filek dan muntah.muntahnya kalo uda dikasih makan, kira2 penebab dan penangan nya gimana ya?saya kasih minyak telon di pinggung sama dada, dikasih buah jeruk yang di peras tapi batuk filek juga belum sembuh,

  11. nita February 10, 2014 at 7:17 am #

    siang dok,,
    sya nita, sya punya anak umur 1tahun 8bulan beratnya hanya 8,2kilo,,
    yang ingin saya tanyakan adalah apa yach obat batuk untuk anak sya??
    soalnya batuknya udah lama bgt kira2 hampir 3mingguan…
    yg jdi masalahnya batuknya hanya pada mlm hari saja.. sudah saya bawa k,dokter tpi nggak ada kurangnya. tks

    • tips-bayi February 18, 2014 at 7:52 am #

      nita,

      Dokter tidak memberikan penjelasan tentang batuknya..? Atau Bunda tidak bertanya..?

      Batuk-batuk berulang pada malam hari, terutama menjelang subuh dapat berupa tanda atau gejala asma. Pada bayi, umumnya batuk merupakan satu-satunya gejala asma yang ada. Mudah-mudahan dugaannya meleset.. :)

      Penyebab pasti kenapa asma lebih berat ketika tidur tidak diketahui. Faktor risiko yang berpengaruh antara lain, paparan terhadap alergen pada malam hari, suhu udara yang mendingin atau juga posisi tidur.

      Apakah selain batuk ada keluhan suara napas berbunyi ‘ngik-ngik’ (mengi) atau kesulitan bernapas? Apakah anak sering batuk atau flu berulang? Apakah ada paparan asap rokok atau bau-bau yang kuat? Apakah ada kontak dengan binatang peliharaan atau debu? Apakah gejala dapat memberat jika menangis atau tertawa? Apakah ada riwayat alergi pada orang tua atau saudaranya?

      Untuk memastikan diagnosis asma, sebaiknya bawa kembali ke dokter anak, tanyakan dengan jelas ketika dokter memeriksa. Sementara itu, pastikan tidak ada kontak dengan kemungkinan alergen seperti hewan peliharaan, asap rokok, dan debu. Hindari penggunaan tirai jendela (gorden) ataupun karpet, serta hindari adanya penumpukan barang dalam kamar.

      Semoga lekas sembuh dan baik-baik saja.. :)

  12. Anonymous February 7, 2014 at 6:27 am #

    nama saya nahriadi, anak saya berumur 1 tahun awalnya dia demam, kurang nafsu makan, muntah dan buang air encer, sehari kemudian dia mulai batuk, hari ketiga demam sudah hilang dan batuknya bertambah kemudian pernafasannya terdengar bunyi dari tenggorokan sampai sekarang belum mau makan, kira-kira tindakan apa yng harus saya lakukan dok?

    • tips-bayi February 18, 2014 at 7:00 am #

      nahriadi,

      Demamnya sebagai gejala awal.. Nafsu makan tentu berkurang karena sedang sakit.. Ketika batuk ada bunyi, bisa saja bunyi dari dahak yang menghalangi nafas..

      Berikan ASI (kalau masih ASI), makan walau sedikit dan istirahat yang cukup. Olesi minyak kayu putih di dada, leher dan punggung untuk memberikan kesegaran dan kehangatan. Jika hanya flu biasa maka itu sudah cukup, dalam beberapa hari insya Alloh akan sembuh. Tapi jika berlanjut, segeralah periksakan ke DSA .. Semoga bayi Anda lekas sembuh.. ;)

  13. Nurul Fatmawai October 30, 2013 at 6:17 am #

    selamat siang dok..
    anak saya usia 3 bulan kurang 6 hari jenis kelamin perempuan..saya mw tanya udah 2 mggu ini gejala batuk yang dialami oleh anak saya kok tidak kunjung sembuh ya dok?padahal sudah saya periksakan ke spesialis dokter anak+sistem uap..tapi kok gak ada hasilnya apa2 ya dok..hiks3
    saya sbg orang tuanya merasa cemas+sedih+bingung mw diobatin dg cara apa lagi bear anak saya sembuh dari gejala batuknya… ;-(
    awalnya anak saya tertular sama ponakan dan kakak saya terus menular ke saya dan sekarang saya sudah sembuh tapi kok anak saya masih batuk..gak tega saya melihatnya sakit seperti itu..
    pdhl asupan asi yang dy minum banyak sekali dan lancar..
    saya minta tlg dok gmn solusinya spy anak saya bisa sembuh dari batuknya..
    terima kasih banyak dok atas jawabannya..

    • tips-bayi November 4, 2013 at 6:42 am #

      Nurul Fatmawai,

      Siang..

      Sebenarnya jika hanya pilek atau flu biasa.. Insya Alloh bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, dengan memberikan banyak ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.. ;)

      Tapi memang untuk batuk berdahak agak lama karena bayi belum bisa mengeluarkan dahaknya.. Berikan kehangatan pada punggung, dada dan lehernya. JIka ada keluhan lain seperti tidak mau menyusu, sebaiknya Bunda periksakan kembali ke DSA..

      Semoga lekas sembuh..

  14. Anita October 10, 2013 at 7:25 am #

    Anak saya usianya 7 bulan saat ini berat badannya 5.6 kg. kata bidan puskesmas BB anak saya dibawah normal dan disarankan minum susu formula dan makan biskuit bayi, setelah saya ikuti selama 1 bulan BB anak saya hanya naik 2 ons. yang saya ingin tanyakan adalah ;
    1. Bagaimana caranya agar anak saya bisa naik BB secara normal ?
    2. Makanan apa yang harus saya berikan utk menambah BBnya ?
    terima kasih

    • tips-bayi October 16, 2013 at 2:45 am #

      Anita,

      Ya memang bayi Bunda termasuk kecil. Meskipun bayi Bunda kecil atau di bawah ideal BB nya, tapi BB bayi Bunda masih termasuk NORMAL.. karena termasuk 70% BB normal untuk bayi Indonesia..

      1. Bunda jangan terlalu khawatir.. Ingatlah pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Bunda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Bunda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat. Besar kecil atau kurus gemuk juga bisa turunan.. ;-)

      2. Berikan selalu bayi Bunda makanan dengan gizi seimbang. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang cukup. Berikan dengan terjadwal.. MPASI buatan Bunda sendiri lebih bagus dari pada memberikan makanan instan. Jangan memberikan multivitamin sembarangan, konsultasikan dengan DSA Anda apakah Bayi Anda kekurangan vitamin dan butuh multivitamin tambahan.

  15. Lisa August 20, 2013 at 7:41 am #

    Dok saya mau tanya.
    anak saya umur 10 bulan, BB-7,8 T-68
    Makan 1 hari 3x, susu sehari 600ML Total.
    batuk sdh dari 1 bulan lalu,

    bulan lalu sewaktu sudah 1 minggu batuk, saya bawa ke dokter dan diberi racikan+Antibiotik, seminggu kemudian sembuh..
    tapi hanya sembuh 1 hari saja.
    besoknya batuk lagi, saya beli racikan yg sama tanpa antibiotik
    nah sampai sekarang masih batuk2.

    batuknya agak jarang sih dan berdahak (aga dalam gitu batuk nya)
    kalau malam batuknya setelah minum susu, biasa akan muntah.

    ini sudah berjalan selama 1 bulan dok.
    apa yg harus saya lakukan dan hal2 yang perlu dihindari ya dok?

    Trims

    • tips-bayi August 24, 2013 at 5:42 am #

      Lisa,

      Batuk berdahak memang biasa agak lama karena bayi belum bisa membuang dahak. Muntah itu terjadi karena terpicu oleh dahaknya dan lambung dalam keadaan penuh atau terisi susu, maka susu ikut keluar.. Sebaiknya setelah menyusu atau makan, segeralah diberdirikan atau ditegakan jangan dulu dibaringkan agar susu atau makanan cepat turun..

      Nafsu makan masih bagus, susu masih mau.. Jangan terlalu khawatir Bun.. Bisa dibantu juga dengan memberikan kehangatan pada dada dan punggung , ini salah satu cara alternatif yang bisa Anda lakukan .. ;-)

  16. Sapto kalis July 22, 2013 at 4:30 pm #

    Dok,saya mau tanya ?
    Anak saya brumur 7,5 bulan,batuk selama hmpir 2 bulan belum sembuh2 pdhl sudah tak bawa ke dokter tp katanya dokternya,ini bawa’an dr kotoran di dlam tubuh si bayi pda wkt lahir,si bidan yg menangani wkt lahiran,pembersihan kotoran di dalam tubuh si bayi krg maksimal mka nya batuk brdahak,itu ujar dr si dokter,
    Tp hmpir 2 bulan blm smbuh jg,tk jarang si bayi trsbt jg demam2an trz slma ini.
    Gmn dok cara menangani nya ?

    • tips-bayi July 29, 2013 at 4:44 am #

      Sapto kalis,

      Memang batuk pada bayi yang disertai dahak atau cairan akan lebih lama karena bayi belum bisa mengeluarkan dahak sendiri. Adapun jika cairan itu dari sisa persalinan, Anda bisa coba mengeluarkannya dengan cara dijemur pagi dengan ditidurkan miring, dengan begini cairan biasanya akan keluar… Bisa dibantu juga dengan memberikan kehangatan pada dada dan punggung , ini salah satu cara alternatif yang bisa Anda lakukan .. ;-)

      Anak dikatakan demam bila suhu tubuhnya di atas 37º C. Demam bukanlah penyakit, tetapi reaksi pertahanan tubuh terhadap cedera atau infeksi. Tubuh menghasilkan panas lebih banyak dan mencoba mempertahankan suhu tingginya agar metabolisme berlangsung lebih cepat. Suhu tubuh yang tinggi itu juga menghambat perkembangan kuman dan bakteri. Ketika demam, tubuh akan mendinginkan diri dengan melebarkan pembuluh darah sehingga panas dapat keluar melalui kulit (keringat). Hal ini membuat anak menggigil.

      Jika bayi Anda demam.. Perlu diketahui, demam karena penyakit apa pun, dari yang ringan seperti flu atau infeksi ringan, hingga infeksi berat di susunan saraf pusat atau di otak, dapat menggunakan kompres. Seiring dengan kemajuan ilmu kedokteran, telah ditemukan ternyata cara yang paling pas mengompres yaitu menggunakan air hangat bahkan memandikan anak dengan air hangat.

      Pada prinsipnya mengompres adalah memberi kemungkinan agar panas yang ada dalam tubuh dapat mengalir keluar. Panas keluar melalui tempat-tempat di mana pembuluh darah besar yang dekat dengan kulit berada. Maka kalau hanya dahi yang dikompres, kemungkinan yang dingin cuma dahinya, sementara tubuhnya tetap panas. Jadi cara yang benar adalah dengan meletakkan kompres di tempat yang tepat, yaitu di leher, ketiak, dan selangkangan..

      Tidak dianjurkan mengenakan pakaian atau selimut yang terlalu tebal dan rapat, ketika bayi Anda demam.

      Susui saja terus dengan ASI dan banyak istirahat..

      Sebaiknya Anda tunda pemberian obat apapun sebelum Anda konsultasi dengan dokter. Jika memang suhunya tinggi tidak turun (> 38,5 derajat Celcius), barulah berikan obat penurun panas atau bawa ke dokter. Jadi, sebenarnya Anda bukan sama sekali tidak boleh memberikan obat kepada anak Anda, hanya saja jangan terlalu mudah memberikannya… baru panas sedikit sudah dicekokin obat.. ;-)

  17. khairunnisah April 17, 2013 at 12:01 pm #

    nama anak saya akila, umur 4bulan kurang 7 hari dia lahir prematur, sekarng dia terkena batuk dan pilek, batuknya tidak berdahak dan flunya tidak encer, tetapi sering bersin-bersin, kalo minum susu sering dimuntahkan lagi dan tidak ada selera untuk minum susu, sekarang saya kasih dia asi eksklusif dan susu formula. apakah itu boleh, tadi saya pergi ke posyandu selama 1 bulan berat badanya hanya naik 1 ons. tolong solusinya dok ??? sya konsultasi ke dokter kemudian sya di beri obat tetapi obat itu tidak saya kasih krna sy takut.

    • tipsbayi April 17, 2013 at 2:05 am #

      Anda bisa berusaha menambah BB-nya dengan memberi ASI setiap 3 jam sekali.

      Kenaikan BB bayi prematur, minimal adalah 15 gram/kilogram per hari. Misalnya ketika pulang BB bayi 2 kg, maka kenaikan BB diharapkan 30 gram/hari. Bila bayi terlihat lelah menyusu, lanjutkan pemberian ASI dengan memberi ASI perah. Si kecil terbukti memperoleh cairan dan nutrisi yang cukup kalau BAK minimal 6x sehari, mulut dan lidahnya tampak basah, terlihat puas sesudah minum dan tentunya juga kenaikan BB yang signifikan.

      Terkadang dokter memang menyarankan tambahan penguat atau fortifikasi ASI atau susu untuk menambah kalori dalam rangka mengejar pertumbuhan. Biasanya bayi diberi suplemen vitamin dan zat besi untuk diminum…

  18. dian April 16, 2013 at 4:26 am #

    putra saya umur 9 bln, batuk sudah 1 minggu, sudah dibawa ke bidan dan puskesmas, kemarin dibawa juga ke dokter anak,
    kata dokter diidentifikasi kena bronkitis? apa betul?
    kalo buat napas kedengar grok2 … gitu, kasiah….. :-(
    Mohon solusinya tips bayi.com

    terima kasih

    • tipsbayi April 16, 2013 at 1:46 am #

      Wah, bunda… untuk bisa menentukan betul-tidaknya, tentu perlu pemeriksaan oleh ahli medis… kalau Anda ingin pendapat lain, bisa konsultasi dengan DSA lain.

  19. Lia April 2, 2013 at 1:59 pm #

    Mau tanya, anakku dr lahir nafasnya bunyi grok2, tanya dsa nya ga ngaku klo pas lahir sedot lendirnya ga bersi, kt nya bs jd alergi atau kemungkinan asma (turunan neneknya asma jg soalnya). Sering dijemur punggung n dada tp posisi duduk (skrng sdh 6bln), dl nafas grok2 berubah jd sering batuk, setelah sering jemur jd batuk berdahak. Tapi hanya batuk pd saat dia mendengak keatas, puter badan scr tiba2, menggerakan badan scr cpt, atau digendong tll ketat sehingga ke tekan dadanya.
    Solusi nya gmn ya? Krn saya ga mau kasi obt. Asix sampai 6bln, skrng sdh mpasi.
    Sebenernya anakku knpa? Apa batuk spt ini calon asma? Atau alergi, tp klo diliat saat2 dia batuk rasanya bukan alergi. Apa bs sedot lendir? Prosedurnya gmn ya? Mohon advice nya. Thanks

    • tips-bayi April 5, 2013 at 5:30 am #

      Lia

      Menurut para ahli, bunyi grok grok yang terdengar pada nafas bayi biasanya merupakan reaksi alergi

      Bunyi grok-grok tersebut juga bisa dahak atau reak. Dengan cara dijemur pagi dengan ditidurkan miring cairan biasanya akan keluar… Bisa dengan memberikan kehangatan pada dada dan punggung , ini salah satu cara alternatif yang bisa Anda lakukan .

  20. Reny Husein March 18, 2013 at 3:11 pm #

    Anakku yg bungsu berusia 29 bln, dia dinyatakan alergi karna memang sering batuk berdahak dan filek yg mau aku tanyakan bolehkah anakku minum susu selama dia lagi batuk berdahak dan demam? ……………….. Karna setelah dia berhenti ASI 2th, dia lanjut minum susu botol. Mohon di balas karna aku sangat butuh jawaban nya,,,,makasih.

    • tips-bayi March 22, 2013 at 3:14 am #

      Reny Husein,

      Memang benar Bun.. Ada pendapat untuk menghindari produk susu dan bahan makanan yang mengandung gula (sukrosa, fruktosa) karena dipercaya dapat meningkatkan produksi ‘lendir’ saat batuk. Akan tetapi boleh saja Bunda berikan susu sesuai jadwalnya tapi sebaiknya Bunda tetap hindari makanannya yang banyak mengandung gula dan minyak.

      Berikan jadwal makan buah setap hari satu atau dua kali, berikan juga istirahat yang cukup.. ;-)

  21. varia February 27, 2013 at 6:01 am #

    Dear..
    Apakah ASI akan tetap diberi kpd anak bayi jika mamanya sedang SAKIT.??
    baik flu,batuk,demam dan yg lain.
    Mohon penjelasannya.
    Terima kasih.salam

    • tips-bayi February 28, 2013 at 1:13 am #

      varia,

      Jika bayi Bunda mau menyusu pada botol, Bunda bisa memerah ASI dan diberikan dengan botol.. Atau kalau memang bayinya tidak mau menyusu pakai botol, terpaksa Bunda menyusui tapi Bunda harus menggunakan masker.. Bukan ketika menyusui saja, tapi selama dekat dengan buah hati Anda harus menggunakan masker.. ;-)

  22. Alifia July 4, 2012 at 12:29 pm #

    Anak saya berumur 5 tahun.tadinya malah waktu kecil sehat2 aja jarang sekali dia sakit.malah di bilang dia gak pernah sakit paling hanya bersin2 dan pilek biasa gak sampek batuk.tapi kenapa ya di usianya sekarang yg ke 5 tahun dia malah sering banget batuk.awalnya hanya bersin,pilek dan kalau udah pilek pasti dia batuk.soalnya dia gak bisa kalau ngluarin(maaf) ingusnya.mungkin itu ya yg buat dia jadi batuk.kalau batuk juga gak bisa ngludahin.saya udahke seringan banget ke dokter,soalnya kalau udah 2 minggu pasti pileknya kambuh lagi.dan kalau pilek pasti batuk lagi.kata dokter kalau udah sembuh suruh kasi multivitamin.gimana mau kasih,baru sembu 3 hari flunya kambuh lagi.jadi apa yg harus saya lakukan?agar aman buat anak saya.satulagi kalau anak saya flu dan batuknya kambuh pernah saya kasih obat toko,alhamdullilah sembuh.tapi kalau sering di kasih obat toko walaupun sembuh, baik ga ya untuk anak saya.saya mohon di jawab soalnya saya butuh banget jawabannya.saya sudah bingung sekali.sekali lagi saya mohon apa yg harus saya lakukan.

  23. Alifia July 2, 2012 at 10:43 am #

    Satu lagi apa bener obat yg di toko adalah obat dari percobaan?kalau benar kenapa di perjualkan n di ijikan?

  24. Alifia July 2, 2012 at 8:33 am #

    Umur anak aku skrang 5 tahun.dia baru pnya penyakit mengi atau asma baru di usianya ke4.awalya pilek n batuk biasa, tpi akhirnya aku bw kedokter dan akhirnya sembuh tp 2 minggu pilek n batuknya datang lagi.dan akhirnya ku bw lagi kdokter dan di kasih obat yg sama sebeperti awalnya tapi batuk anak aku gak ada kurangnya.kubawa lg ke dokter tadi,tpi katanya dia terkena mengi dan di kasih obat yg lain lagi.tapi batuknya ttp masih ada blm ada kurangnya.dan akhirnya aku bawa ke dokter si B.katanya baru gejala penyakit mengi dan akhirnya sukur batuknya sembuh.tapi kawan aku yg sama punya anak batuk mengi kyk anak aku pernah di bawa ke dokter B malah badanya gemetar gak bisa berdiri di karenakan dosih obat yg d berikan terlalu keras.apa yg aku lakukan soalnya dokter anak di tempat aku gak ada,adanya jauh.trs klu seandainya batuk lagi obat yg tradisional untuk mengi apa biar ngurangi batuknya soalnya klu tidur kasian suka bangun n muntah2.kata mamak aku ada resep dr dokter dayak di kalimantan soalnya aku sendiri kata ibu saya sendiri,waktu kecil jg punya mengi tapi sekarang udah hilang.tp kalau asmanya masih.katanya klu anak malam2 gak bisa tidur ambilkan minyak di sendok potong bawang merah,hangatkan minyak yg di campur bawang tadi dan gosok.alhamdulillah anak sy sudah bisa tidur.

    • tips-bayi July 8, 2012 at 6:49 am #

      @ Alifia,

      Resep tradisional begitu terlihat aman dan bisa Anda teruskan.. Intinya beri kehangatan lebih pada Anak Anda. Sudah diketahui Anda sendiri punya riwayat asma juga ya.. Hindari cuaca terlalu dingin yang akan memicu anak Anda kambuh menginya.

      Untuk lebih akuratnya mintalah rujukan atau datang langsung ke dokter spesialis.

      Untuk penggunaan obat apapun harus dengan petunjuk dokter. Obat dipasaran yang sudah ada izin resmi dari yang berwenang mengeluarkan perizinan, insya Allah sudah lolos uji bukan percobaan lagi. Tapi meskipun demikian tetap harus hati-hati dan bukan untuk dicoba-coba.. ;-)

      Sering batuk atau flu, daya tahan tubuhnya yang harus diperkuat bu.. jangan mudah mencekoki obat. Atau bisa juga alergi ya.. adakah diagnosa dokter yang menyatakan kemungkinan alergi..?

      Untuk memperkuat daya tahan tubuh, banyak makan buah, susu, madu dan perhatikan pola makan dan istirahat.

  25. Ummu Hannan February 28, 2012 at 12:19 pm #

    Hai tipsbayi
    Anakku batuk dan bersin2 udah sekitar 3 hari tapi nda pilek, ini akibat tertular dari saya, saya sudah batuk pilek sejak hari kamis, bayiku mulai bersin2 sejak hari sabtu, kalau batuknya dari hari ahad. Memang terlihat tidak terlalu mengganggu aktifitasnya sih, cos dia tetap aktif. Cuma
    Saya takut batuknya semakin parah, dan bersin2nya jadi pilek. Apalagi saya sampai sekarang juga belum sembuh, kalau tenggorokan mulai terasa gatal, batuk pun datang dan tak henti2nya. Sampai tenggorokan terasa sakit, dan frekuensinya sering, dan itulah ciri khas saya kalau batuk pilek. Memang batuk pilek seperti ini sudah menjadi langganan saya, tiap pergantian musim, ataupun ketika cuaca buruk lainnya, dan kondisi tubuh lagi nda prima. Saya khawatir anak saya menjadi seperti saya, saya belum memberikan obat apa2 pada anak saya. Batuk pilek saya pun, saya biarkan karena biasanya sembuh dengan sendirinya walaupun agak lama bisa satu minggu lebih. Saya sudah bosan dengan obat2an kimia. Mohon sarannya mengenai bayi saya, apa yg harus saya lakukan supaya dia tidak serentan saya? Saya ingin dia tumbuh jadi anak yg sehat, kuat, tidak sakit2an. Walau itu hanya pilek sekalipun.
    Jazakumulloh

    • tips-bayi March 6, 2012 at 3:39 am #

      @ Ummu Hannan,

      Tepat sekali Anda tidak gampang memberikan obat pada bayi Anda. Memang benar jika hanya batuk flu biasa.. Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, dengan memberikan banyak ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.. Memang batuk berdahak bisa agak lama bertahan karena anak-anak biasanya susah atau tidak bisa membuang dahaknya sendiri.. ;-)

      Buatlah pola makan yang baik dengan gizi seimbang dan istirahat yang cukup. Hindari makanan-makanan instan dan jajanan yang menggunakan pemanis buatan dan perisa kimia..

      Jika Hannan sudah sehat dan masih ada anggota keluarga yang batuk, maka jangan mendekati Hannan jika tidak pakai masker.. ;-) Semoga lekas sembuh..

  26. lia January 5, 2012 at 9:31 am #

    anakku batuk2 juga n sdh dibawa kedokter trs sama dokter disuruh bawa ke RS n diuap. itu gmn yah? apa ada yg pernah mengalami seperti anak saya

    • tips-bayi January 9, 2012 at 2:43 am #

      @ lia,

      Batuknya berdahak..? Terapi uap adalah salah satu cara untuk mengeluarkan dahak bayi Anda. Bisa juga untuk mengeluarkan dahak/ cairan yaitu dengan dijemur dengan posisi miring. Atau bisa juga dengan memberikan kehangatan pada dada dan punggungnya, ini salah satu cara alternatif yang bisa Anda lakukan .. ;-)

      Semoga lekas sembuh..

    • affendi August 21, 2014 at 5:24 pm #

      mlm, anak sy umur 2 thn 9 bln batuk sdh 2 hr, mlm ini sy bw k dr, d uap, trs d kasih obat mucopect. trs skrg tidur bunyi……………

      • tips-bayi September 27, 2014 at 7:00 am #

        affendi,

        Sore,
        Berikan kehangatan pada anak Anda, pada dada, punggung dan lehernya.. Bunyi bisa karena dahaknya yang belum bisa keluar.. ;)

  27. Fany November 12, 2011 at 7:20 am #

    Tips bayi. bayi saya usianya 6 bulan., kondisinya saat ini sedang tidak sehat dikarenak batuk dan pilek. saya diberi obat batuk dan obat pilek (terpisah dengan merk berbeda), dokter selalu bilang itu karena alergi, padahal keluar ingus nya (maaf..) kalo tidur bayi saya keliatan susah bernafas alias tersumbat terutama malam hari.
    pertanyaan saya.:
    1.Bagaimana kita bisa tau bayi terkena bronchitis atau tidak? gejalanya kan sama seperti flu pada umunya?
    2. Kalo kondisi bayi nya sakit (flu, diare) apa boleh dikasih makan buah-buahan? buah-buahan apa yang boleh tuk bayi saat kondisinya seperti itu (batuk, pilek, diare, demam, dll)?
    Terima kasih atas jawabannya?

    • tips-bayi December 5, 2011 at 4:11 am #

      @ Fany,

      1. Jika hanya batuk flu biasa.. Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, dengan memberikan banyak ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.. Memang batuk berdahak bisa agak lama bertahan karena anak-anak biasanya susah atau tidak bisa membuang dahaknya sendiri..

      Hingga saat ini pun sebenarnya belum ada obat mujarab untuk membunuh virus. Obat flu yang ada hanya sekadar untuk meringankan gejala-gejalanya saja, seperti obat penurun demam, pelega hidung tersumbat, dan pengencer lendir.
      Jadi saran kami susui terus saja dengan ASI, susui dengan posisi yang benar. ASI seperti diketahui, mengandung zat-zat kekebalan tubuh (imunoglobulin) yang tidak terdapat pada susu formula.. ;-)

      Diagnosa bronchitis atau tidak perlu pemeriksaan yang akurat.. maka konsultasilah dengan dokter spesialis..

      Hati-hati untuk selanjutnya bila bayi Anda sakit hendaknya jangan serampangan memberikan obat kepada bayi Anda.. Kalaupun harus memberikan obat, selalulah konsultasikan dengan dokter dan selalu mengikuti petunjuk dokter Anda..

      Anda perlu memiliki sikap kritis mengenai hal ini. Jangan segan untuk bertanya kepada dokter, sejauh mana efeknya obat yang akan diberikan pada bayi Anda..

      Apalagi memberikan antibiotik kepada bayi. Apabila kita sering memberikan antibiotik maka dosisnya akan semakin tinggi..

      Ada baiknya Anda baca artikel pada link berikut :

      http://www.tipsbayi.com/index.php/memberikan-paracetamol-pada-bayi-bisa-mengakibatkan-asma

      2. Konsumsi buah-buahan ketika sakit, rata-rata boleh.. Anda bisa memberikan buah-buahan yang rasanya manis, teksturnya lembut dan baunya tidak menyengat. Seperti: jeruk baby, pepaya, melon, alpukat, buah naga dll.

      Biasakan juga selama bayi Anda sehat. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi Anda dianjurkan 5 porsi kecil setiap hari (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah.. ;-)

  28. Lily September 3, 2011 at 12:57 pm #

    Dear Tips Bayi,
    Salam kenal, sy mau nanya nih. Putra pertama saya skrg 5 bulan 15 hari sedang batuk selama 3 hari. Memang di rumah ada ponakan yang lagi batuk juga. Hampir tiap bulan batuk tapi sudah ke DSA tidak ada alergi. ASI hanya 3 bulan saja krn ASI uda kering. Saya kasian karna kali ini batuknya sampai ‘uhuk uhuknya’ parah seperti orang besar. Tiap kali minum obat resep dari dokter baru bisa sembuh. Bagaimana ya penanganannya selain konsumsi obat dokter? Saya jadi takut kebal dan ketergantungan. Apakah batuk yang dialami anak saya hampir tiap bulan ini indikasi dari suatu penyakit lain? Oh ya kata saudara saya kalau lagi batuk juga ngga boleh vaksin? apa benar dan Kenapa ya? Sekarang sudah mulai belajar utk MPASI , saya
    kasi bubur saring dan pisang kepok. Apa boleh ?
    Mohon pencerahannya. Trimakasih banyak.

  29. basar June 19, 2011 at 3:45 pm #

    Dear Tipsbayi,
    saya pny ponaan yang usianya baru masuk umur ke 5 bulan saya sangat kasian saat ini ponaan saya di serang batuk dan jika malam hari batuk sampai merah mukanya,apa batuk yang di alami ponaan saya ini batuk berdahak dan jika berdahak bagai mana cara mengeluarkan dahak tersebut agar pernapasan plong.
    nb:untuk ke dokter anak sudah dilakukan
    apa langkah2 yang harus dilakukan????
    trims,
    basarS

  30. ibtisam June 14, 2011 at 3:56 pm #

    saya mau tanya, apakah OBH bisa diberikan pada bayi umur 9 bln? karena saya membaca di label obat, bahwa OBH diberikan pada anak usia 6-12 th serta usia dewasa, tidak ada keterangan efek yang terjadi jika diberikan pada bayi < 2 th,,,mohon infonya, trims untuk sharingnya ^^

  31. bunda ali May 17, 2011 at 4:13 pm #

    seneng deh dpt info2 cara menangani batuk&pilek pd bayi..saya mo tny,,putra saya jg sedang batuk,trs sya bwa ke dsa,kta dkter batuk anak saya ada sesek’nya,kira2 trmsuk dlm jnis batuk apa ya&gmn penangananya? bolehkah menyusui smbil tiduran,krn sy prnah baca mnum su2 smbil tdur dpt mnyebabkan infksi telinga

  32. Ika wahyuni May 6, 2011 at 8:00 am #

    Ass…tips bayi,putri sy usia 16bln bb 9,1kg.tinggi 76,5cm dan lingkr kpl 47.5cm sjak bayi smp skr sering bgt napas grok grok dan hidung meler bening,lidah putih,kepala sumer.kt dsa nya krn alergi krn mmg ada riwayat alergi dr saya dan kakakny.apa ya mmg alergi? N kira2 apa y? Dia msh asi.tkr

    • tipsbayi May 12, 2011 at 4:24 am #

      @ Ika wahyuni,

      Wa’alaikumussalam,

      BB dan tinggi putri Anda cukup bagus, termasuk 90% BB normal bayi Indonesia..

      Pasti ada alasan jika dokter memberikan diagnosa bahwa putri Anda Alergi. Alergi adalah reaksi hipersensitivas tubuh terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing atau berbahaya. Reaksi alergi biasanya muncul bila anak memiliki kecenderungan bawaan (genetik).. Jangan khawatir jika itu alergi tidak berbahaya..

      Anda jangan khawatir, kasus alergi umumnya akan hilang saat anak berusia satu tahun ke atas atau sudah berusia 15 tahun.

      Banyak penilitian yang menyatakan untuk mencegah alergi adalah dengan menyusu selama enam bulan eksklusif dan setelah itu tetap melanjutkan menyusu secara jangka panjang. Maka sebaiknya Anda pertahankan pemberian ASI pada bayi Anda.. ;-)

  33. keyla's mom April 14, 2011 at 4:17 pm #

    dear tips,

    saran utk penanganan batuk pilek pd bayi sgt mbantu tlbh krn saat ini sy sdg menghadapi kondisi batuk pilek pada putri saya yang berusia 3 bulan, tetapi ada 2 hal yg ingin sy tnykn lebih lanjut yaitu:
    1) bagaimana dgn saya yang kuantitas asinya tdk menentu (tkdg banyak,tkdg sdkt), apakh susu formula bisa saya andalkan??
    2) bayi saya sangat tdk nyaman kalo gerah karena dia byk bergerak shg sering keringatan. utk menciptakan suasana nyaman baginya tlebih saat dia tdr saya menggunakan ac. ptanyaan saya dalam knds batuk pilek spt ini apakah penggunan ac tdk masalah, krn bayi saya hanya bs tidur nyenyak dlm kondisi adem?

    tips, mohon bantuannya. tks…

    • tipsbayi April 21, 2011 at 3:04 am #

      @ keyla’s mom,

      1. Ketika ASI kurang juga sebaiknya Anda susukan saja terus..! Ingat.. produksi ASI prinsipnya “based on demand”. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka semakin banyak ASI yang diproduksi. Yang tidak kalah pentingnya : Anda harus dalam keadaan RILEKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan produksi ASI. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun… ;-)

      Meskipun susu formula terlihat bisa mengganti ASI, akan tetapi Susu terbaik untuk bayi Adalah ASI.. Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

      Dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

      Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

      ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditndingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

      Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

      Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

      Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

      Anda bisa baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

      2. Adem membuat bayi Anda lebih nyaman, sistem pernafasan bayi Anda tidak terganggu dengan suhu seperti itu karena terlihat bayi Anda tidak batuk dan hidungnya tidak mampet.. jadi tidak mengapa.. Anda boleh saja menggunakan AC sejauh tidak menjadi pemicu flu atau batuk bayi Anda.. ;-)

  34. mia amelia anwar March 10, 2011 at 1:07 pm #

    sejak saya punya anak, ada dokter langganan saya. bukan spesialis anak tapi alhamdulillah slama ini hasilnya tdk pernah mengecewakan, tapi pas kemarin anak kedua saya sakit. saya jadi bingung. anak ke 2 saya berumur 4 bln. awalnya batuk pilek…batuk intensitasnya jarang2 cuman sering bersin dan idung berair, saya bawa ke dokter langganan saya, diberi obat puyer (antibitok + obat batuk katanya) sama obat tetes hidung breathy. anak saya juga demam sebelum ke dokter saya sdh berikan obat turun panas tapi panas nya ndak ilang2 hanya reda 1-2jam lalu panas lagi. setelah minum obat dari dokter saya, panas reda, bersin reda, tapi batuknya menjadi jadi, berat dan agak sesak, krn saya ke dktr hari jum’at, saya baru kembali ke dokter saya hari senin, dia bilang batuk nya krn alergi dengan musim panen (krn rumah saya didesa) saat ini. kemudian diberi mercotin drops dan puyer lagi. batuk agak reda. tapi masih ngkrok ngkrok…. saya merasa anak saya sedikit lebih baik tapi belum baik…anak saya juga harus diuap.menurut surat dokter hrs 3 hari 2kali sehari tapi saya uapin cuman sehari karena kendala jarak ke rumah sakitnya. mercotin 3 hari saya berikan saya hentikan cuma saya beri puyer. tapi saya merasa ada yg salah. jadi bingung dan cemas. kira2 ini kenapa ya…saya blum pernah menghadapi masalah seperti ini sebelumnya dgn anak saya yg pertama. terus terang ekonomi saya pas2an. untuk skrg ini langkah tepat seperti apa yg harus saya ambil? sudah hampir satu minggu ini anak saya sakit dan masih batuk………saya capek dan bingung.nggak tega terus2an minumin obat.dan anak saya sekarang jg mencret.

    • tipsbayi March 16, 2011 at 6:49 am #

      @ mia amelia anwar,

      Susui terus bayi Anda dengan ASI, berikan istirahat yang cukup, memang karena bayi tidak bisa mengeluarkan cairan jadi batuk dahaknya agak lama. Anda juga bisa menjemurnya tiap pagi dengan posisi miring untuk membantu mengeluarkan cairan..

      Penyebab penyakit flu adalah virus yang umumnya akan mereda dalam waktu 3-5 hari. Hingga saat ini pun sebenarnya belum ada obat mujarab untuk membunuh virus. Jadi saran kami susui terus saja dengan ASI, ASI seperti diketahui, mengandung zat-zat kekebalan tubuh (imunoglobulin) yang tidak terdapat pada susu formula. ;-)

      Penting diketahui, antibiotik baru ampuh dan berkhasiat jika berhadapan dengan bakteri atau kuman. Antibiotik tak akan mampu membunuh virus juga parasit.

      Biasanya apabila dokter memberikan resep antibiotik maka dokter biasa menganjurkan untuk menghabiskan antibiotiknya, maka untuk saat ini ikuti saja petunjuk dokter Anda karena Anda sudah tanggung memberikannya.., dan untuk selanjutnya bila bayi Anda sakit hendaknya jangan serampangan memberikan obat kepada bayi Anda..

      Kalaupun harus memberikan obat, selalulah konsultasikan dengan dokter dan selalu mengikuti petunjuk dokter Anda..

      Anda perlu memiliki sikap kritis mengenai hal ini. Jangan segan untuk bertanya kepada dokter, sejauh mana efeknya obat yang akan diberikan pada bayi Anda.. ;-)

      Apalagi memberikan antibiotik kepada bayi. Apabila kita sering memberikan antibiotik maka dosisnya akan semakin tinggi..

      Ada baiknya Anda baca artikel pada link berikut :

      http://www.tipsbayi.com/index.php/memberikan-paracetamol-pada-bayi-bisa-mengakibatkan-asma

  35. rina February 2, 2011 at 7:43 am #

    For All.saya punya bayi umur udah 6 bulan mungkin kalo anaku sherin masih hidup.bayi yg lucu lahir normal denganberat 3.6 kg.semuanya bahagia melihat kepandaianya .kemaren tanggal 2 januari sherin batuk keluarkan dahak trus batuk lagi.saya bagai mamanya cemas karna pas batuk k tiga jam setengah satu malam kukunya hampir biru.lansung d larikan K RS.tapi sayangnya 3 hari d rumah sakit sherin anak k dua ku ug sedang lucunya di panggil Tuhan.untuk itu ibu ibu muda yg punya bayi jangan d remehkan bayinya bila batuk belajarlah dari pengalaman saya sebagai mamasherin yg mengalami hal paling pahit.

  36. tony January 29, 2011 at 6:28 pm #

    Dear Tipsbayi

    Saya salah memberikan dosis mucopect tetes 15mg/ml kepada bayi saya umur 6 bln dikarenakan saya. Yang seharusnya 10 tetes saya berikan sampai 50 tetes (setengah sendok teh) dikarenakan saya salah baca resep untuk yang sirup 15mg/5ml sebanyak 4 kali (2 kali x 2 hari). Yang ingin saya tanyakan; apakah ada efek samping / akibat fatal atas keteledoran saya pada bayi saya di kemudian hari dan ini sangat menjadi beban pikiranku.
    Terima kasih

    • tipsbayi February 5, 2011 at 3:39 pm #

      @ tony,

      Mohon maaf kami terlambat menjawab pertanyaan Anda.. mudah-mudahan bayi Anda sudah sehatkembali.. ;-)

      Efek samping biasanya sudah tertera pada kemasan obat atau brosurnya.. yang penting dan yang perlu lebih diperhatikan adalah Anda jangan selalu membiasakan pemberian obat, kita jangan terlalu serampangan memberikan obat-oboatan pada bayi. Kalaupun harus memberikan obat, selalulah konsultasikan dengan dokter dan selalu mengikuti petunjuk dokter Anda..

      Anda perlu memiliki sikap kritis mengenai hal ini. Jangan segan untuk bertanya kepada dokter, sejauh mana efeknya obat yang akan diberikan pada bayi Anda.. ;-)

      Anda jangan terlalu khawatir, berikan saja terus ASI..

  37. Marlie Manda Rayya January 3, 2011 at 9:52 am #

    Dear Tipsbayi

    Terima kasih sebelumnya untuk tetap setia menampung sharing dan memberikan info yang bermanfaat untuk kami.

    Lagi binggung neh, pertengahan bulan lalu, Rayya, putra saya, usia 1 tahun 1 bulan, terserang batuk berdahak disertai dengan demam. Setelah konsultasi dengan DSAnya, kemudian diberikan resep mucopect syrup untuk dosis 3x sehari. Setelah obatnya habis, batuk Rayya memang mereda walau belum hilang secara sempurna. Masalahnya sudah 1 minggu terakhir ini, Rayya setiap kali terbangun malam dan terserang batuk diikuti dengan muntah. Hal ini sudah terjadi lebih dari 3x, tapi tidak berturut-turut. Memang setiap kali batuk trus muntah, sepertinya dahaknya berkurang.

    Saya kembali konsultasi dengan DSAnya, katanya Rayya alergi jadi dibuatkan resep kembali. Tapi kok ya saya jadi kasihan klo Rayya selalu minum obat, tolong sharenya dunk.

    Saya ga tega klo selalu memberikan obat kimia untuk Rayya, tp di sisi lain saya juga ga tega setiap kali Rayya muntah, melihat mukanya langsung mengibakan. Alhamdulillah, selera makan Rayya tetap baik dan Rayya tetap aktif. Mohon share dan bantuannya dari tipsbayi dan rekan-rekan semuanya.

    Thanks a lots

    • tipsbayi February 5, 2011 at 3:14 pm #

      @ Marlie Manda Rayya,

      Sebenarnya sudah dapat diketahui penyebab muntahnya Rayya, yaitu karena dahak..

      Sepertinya Anda tidak harus terlalu khawatir, sepertinya bayi Anda hanya mengalami batuk flu biasa. Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, dengan memberikan banyak ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.. Memang batuk berdahak bisa agak lama bertahan karena anak-anak biasanya susah atau tidak bisa membuang dahaknya sendiri.. Dan dengan muntah itu sendiri maka dahaknya bisa keluar.. kasihan memang..

      Berikan ketenangan hindarkan bayi Anda sering menangis.. ;-)
      Anda bisa menjemur bayi Anda setiap pagi dengan posisi miring, biasanya dengan begini cairan atau dahaknya akan terbantu keluar..

      Hingga saat ini pun sebenarnya belum ada obat mujarab untuk membunuh virus. Obat flu yang ada hanya sekadar untuk meringankan gejala-gejalanya saja, seperti obat penurun demam, pelega hidung tersumbat, dan pengencer lendir.
      Jadi saran kami susui terus saja dengan ASI, susui dengan posisi yang benar. Seperti sudah kami beritahukan pada mama rafka. ASI seperti diketahui, mengandung zat-zat kekebalan tubuh (imunoglobulin) yang tidak terdapat pada susu formula. ;-)

      Memang benar kita jangan terlalu serampangan memberikan obat-oboatan pada bayi. Kalaupun harus memberikan obat, selalulah konsultasikan dengan dokter dan selalu mengikuti petunjuk dokter Anda..

      Anda perlu memiliki sikap kritis mengenai hal ini. Jangan segan untuk bertanya kepada dokter, sejauh mana efeknya obat yang akan diberikan pada bayi Anda.. ;-)

      Akan tetapi Anda jangan khawatir karena selera makan Rayya tetap baik dan Rayya tetap aktif, ini berita yang sangat menggembirakan.. Semoga lekas sembuh..

  38. tipsbayi January 2, 2011 at 1:45 pm #

    @ Fitri,

    Bisa saja batuk alergi terhadap debu atau cuaca dingin..

    Mohon dipahami bahwa Tips Bayi bukanlah tim dokter spesialis anak (DSA). Jika Anda perhatikan, di setiap halaman situs kami terdapat catatan kaki, “…Informasi yang disediakan di TipsBayi.com dimaksudkan untuk melayani para orang tua dan calon orang tua dalam merawat bayi dan merupakan tambahan dari sumber-sumber lain, sehingga tidak boleh dianggap dapat menggantikan konsultasi medis…”

    Sebaiknya untuk mendapatkan diagnosa yang lebih tepat, Anda konsultasikan langsung dengan DSA. Karena DSA akan melihat dan memeriksanya dengan seksama..

    Memang benar kita jangan terlalu serampangan memberikan obat-oboatan pada bayi. Kalaupun harus memberikan obat, selalulah konsultasikan dengan dokter dan selalu mengikuti petunjuk dokter Anda..

    Anda perlu memiliki sikap kritis mengenai hal ini. Jangan segan untuk bertanya kepada dokter, sejauh mana efeknya obat yang akan diberikan pada bayi Anda.. ;-)

  39. Fitri December 17, 2010 at 8:53 am #

    Tips mau nanya nih…
    Anak saya umur 3 bulan 10 hari, dia ada batuk tapi nggak sering dan nggak ada gejala lainnya seperti demam atau pilek,kira2 kenapa ya?saya belum ada ke DSA soalnya saya nggak mau anak saya dikit2 minum obat,tolong di jawab ya..

  40. susanti October 30, 2010 at 5:55 am #

    bayi saya berumur 10 bulan. saat ini batuknya sudah lebih dari 1 bulan. sudah berobat ke dokter tapi belum sembuh total. hanya berkurang saja. yang saya heran kan pada saat dia nangis bibirnya berubah jadi sedikit keunguan tau biru kemerahan. abatuknya adalah jenis berdahak.

    • tipsbayi November 4, 2010 at 3:52 am #

      @ susanti,

      Memang batuk berdahak bisa agak lama bertahan karena anak-anak biasanya susah atau tidak bisa membuang dahaknya sendiri..
      Apakah dokter tidak memberitahukan pada Anda diagnosa penyakitnya? Kalau tidak sepertinya Anda tidak harus terlalu khawatir, sepertinya bayi Anda hanya mengalami batuk flu biasa. Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, dengan memberikan banyak ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.. Berikan ketenangan hindarkan bayi Anda sering menangis.. ;-)

      Warna ungu atau biru kemerahan sangat menangis saja kan..? Kalau nafasnya lancar tidak tersendat, Anda jangan khawatir.. Warna seperti itu dikarenakan konsentrasi dan volume darah bertambah atau terkonsentrasi di daerah bibir, pipi atau daerah kepala..

      Tapi apabila perubahan warna itu terjadi sebelum menangis atau diakibatkan tersendatnya nafas.. maka sebaiknya Anda segera hubungi DSA..

  41. mamah aliya September 30, 2010 at 4:42 am #

    anak saya 11 bulan, sudah 3 hari ini batuk dan pilek..sampai saat ini belum saya bawa ke DSA dan hanya membeli resep yang terdahulu..tetapi nafsu makannya juga turun drastis, padahal sebelum sakit anak saya termasuk anak yang tidak rewel soal makanan.apa ini gejala normal???..saya jadi khawatir banget, takutnya anak saya kekurangan asupan gizi..pernah saya denger kalo anak pilek pada saat tidur menggunakan bantal yang agak tinggi, sedangkan anak saya tidak mau tidur pake bantal..minta tipsnya ya,makasih…

    • tipsbayi November 4, 2010 at 3:41 am #

      @ mamah aliya,

      Sebaiknya jangan terlalu mudah memberikan obat-obatan kimiawi kepada anak. Jika dokter memberikan obat-obatan, tanyakan apa sebenarnya penyakit anak Anda dan apakah memang pemberian obat tsb benar-benar perlu? Lebih baik Anda mengusahakan agar daya tahan tubuhnya membaik, agar tidak mudah sakit…

      Memang batuk berdahak bisa agak lama bertahan karena anak-anak biasanya susah atau tidak bisa membuang dahaknya sendiri..

      Apabila memang hanya batuk flu saja, Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, dengan memberikan banyak ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.. Berikan ketenangan hindarkan bayi Anda sering menangis.. ;-)

      Jelas apabila sakit sudah bisa dipastikan nafsu makan anak akan berkurang, itu NORMAL.. Biasanya setelah sehat nafsu makannya akan kembali pulih kembali..

      Bayi Anda tidur tidak mau pakai bantal..? Tidak apa-apa kok.. Bahkan ada pendapat, sebaiknya bayi tidur tidak pakai bantal. Itu akan lebih bagus untuk perkembangan bentuk tengkorak kepala bayi.. Dan yang penting nyaman untuk bayi Anda..

  42. ummu umar September 30, 2010 at 3:40 am #

    assalamualaykum tips baby,

    mo tny nih, skrng usia umar 1 tahun, saat ini sdang batuk n pilek n sudah ke SDA. Alhamdulillah pilek dah mendingan tp batuk masih krok2, n kl diperhatikan beberapa malam ini, saat tidur kepala umar itu berkeringat sampai2 bantalnya basah n hrs diganti padahal ruangan ber-ac. knapa begitu yah n berbahayakah? mohon penjelasannya dan penanggulangannya ya tips secepatnya…. thanks

    wassalamu’alaikum

    • tipsbayi November 4, 2010 at 3:30 am #

      @ ummu umar,

      Wa’alaikum salam,

      Mohon maaf agak telat jawabnya…
      Memang batuk berdahak bisa agak lama bertahan karena anak-anak biasanya susah atau tidak bisa membuang dahaknya sendiri..

      Apabila memang hanya batuk flu saja, Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, dengan memberikan banyak ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.. Berikan ketenangan hindarkan bayi Anda sering menangis.. ;-)

      Kalau bayi Anda banyak berkeringat, itu pertanda kelenjar keringatnya berfungsi dengan baik. Sebab, pengeluaran keringat, termasuk proses ekskresi, yaitu membuang sisa-sisa garam, juga racun dalam tubuh. Selain itu, untuk mengeluarkan panas dalam badan dan membuat suhu permukaan kulit jadi turun, NORMAL kok.. ;-)

      Banyaknya keringat pada bayi tentu tidak dapat dibandingkan langsung dengan kondisi kesehatan yang terjadi pada orang dewasa, lebih-lebih dengan usia manula. Pada pada priode usia tersebut, fungsi alat tubuh dalam penurunan dan kemungkinan adanya penyakit-penyakit yang tersembunyi. Salah satu gejala yang timbul dari penyakit tersebut adalah produksi keringat berlebihan.

      Pakaikanlah baju yang menyerap keringat dengan bagus, mandikan secara teratur..

  43. tipsbayi August 20, 2010 at 2:23 pm #

    @ Bunda ghaziy,

    Menurut informasi dari Kimia Farma, untuk anak usia <2 thn, dosisnya 2.5 mL – 2 x/hr

  44. tipsbayi August 20, 2010 at 1:42 am #

    @ linda,

    Sebaiknya Anda konsultasi langsung dengan DSA, agar dapat diperiksa secara menyeluruh. Semoga lekas sembuh…

    @ neni,

    Wah, bagaimana ya? Untuk bayi seusia anak Anda, sebaiknya dibawa ke DSA saja, cari yang memang kompeten dan coba utarakan juga keinginan Anda agar sebisa mungkin si kecil tidak diberi antibiotik…

  45. Bunda ghaziy August 20, 2010 at 1:31 am #

    Mohon informasi.kalo mucopect drop 15mg untuk anak usia 1,5 thn dosisnya berapa tetes ya?oya,bb anak saya 12 kg.thx b4.. ^^

  46. neni August 19, 2010 at 5:04 am #

    anak sy 3bln, sjk 9hr lalu batuk.swaktu 4hr sy bawa ke bidan diberi puyer diminum 2x minimal selama 5 hr. katanya itu antibiotik. tapi tidak sy minumkan krn takut msh terlalu kecil utk diberi antibiotik. bayinya tiap pagi sy jemur sambil tengkurap tp sampai skrg belum sembuh. tolong bantuannya apa perlu obatnya sy minumkan saja? kalau DSA di kota sy terkenal dengan obatnya yg dosis tinggi n mahal jd sy tdk membawanya kesana. makasih

  47. linda August 19, 2010 at 3:36 am #

    anak kami berusia 5th 8bln sudah 5 hari ini batuk gak sembuh2,tapi batuk itu hanya pada malam hari ketika dia tidur,padahal kami sudah membanya kedokter.saya takut, mengingat anak saya dulu terinfeksi paruru dan pernah kejang berkali2 . 5 bln yg lalu paru2 anak saya kembali terinfeksi.apa yang harus saya lakukan?

  48. tipsbayi August 19, 2010 at 2:44 am #

    @ yunawati,

    Mohon maaf, untuk kasus kesehatan seperti ini Anda sebaiknya periksakan ke DSA. Semoga si kecil lekas sembuh…

  49. tipsbayi August 17, 2010 at 7:20 am #

    @ elisa,

    Tetap untuk kasus kesehatan seperti ini sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter, karena harus dilakukan pemeriksaan terhadap anak Anda. Coba saja untuk kritis ketika sang dokter memberikan obat…

  50. YUNAWATI August 16, 2010 at 9:45 am #

    anak saya usia 5 thn 8 bulan saat ini batuk pilek dan demam sdh 4 hr , dahak yang keluar dari hidung ada sedikitt darah, sdh saya kasih paracetamol, setelah dikasih dingin tapi kalau malam demam 37.8 , mohon saran . sebagai informasi obat yang dipakai adalah ACTIVED.

  51. elisa August 14, 2010 at 5:47 am #

    asslmkm…
    anakku lagi sakit ne.demam dah 3 hari,dibarengi batuk dan pilek.udah aq obati pakek bawang merah untuk menurunkan panas, tapi g turun juga, untuk batuknya aq kasi perasan jeruk dengan kecap tapi tambah parah. rencana mw kedktr nech tapi kalau kedokter dikasi obat obat banyak banget antibiotik,obat demam,obat flu, obat batuk, belum vitamin2 nya.kan g baik anak2 makan obat2an sebanyak itu.help me please…..

  52. dewi August 13, 2010 at 6:04 am #

    Ikutan nimbrung yach … ternyata forum ini sangat bermanfaat
    makasih yash atas informasi dan saran2nya

  53. tipsbayi August 11, 2010 at 6:24 am #

    @ Ayu,

    Tingkatkan asupan ASI-nya. Perhatikan sirkulasi udara di kamar bayi mengalir dengan baik. Ruangan yang pengap akan memperparah penyakitnya.

    Sebenarnya penyakit flu akan sembuh sendiri tanpa pemberian obat-obatan, bila si kecil ditangani dengan baik ia akan sembuh dalam 4-5 hari. Namun bisa jadi selama rentang waktu tersebut bisa saja si kecil rewel karena hidungnya penuh lendir. Untuk itu ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam pengeluaran lendir:

    * Gunakan pipet khusus untuk menyedot lendir bayi. Pastikan anda mematuhi cara kerjanya.
    * Jika ingin mengoleskan balsem oles saja di bagian baju depan dada bayi jangan di kulitnya karena bisa saja terjadi iritasi pada kulit.
    * Tetesi obat tetes hidung yang kandungannya hanya garam. Obat ini mengencerkan lendir sehingga lebih mudah ditelan bayi dan merangsang bersin, sehingga lendir mudah keluar.
    * Kalau lendirnya terlalu banyak segera bawa ke dokter anak anda, lendir akan dihisap alat yang bernama suction (bentuknya selang kecil dan dihubungkan ke sebuah mesin).
    * Jangan sedot lendir dihidung bayi dengan mulut karena bisa menyebabkan dia tertular penyakit jika anda menderita sakit tertentu.
    * Jangan ganjal kepala bayi dengan tumpukan bantal. Otot-otot leher bayi relatif masih lemah dan pendek tumpukan bantal hanya akan membuat leher lebih menekuk sehingga membuatnya sulit bernafas.

    Semoga si kecil lekas sembuh ya :)

  54. ayu August 9, 2010 at 6:27 am #

    bayi saya umur 5 bln, dah 7 hari ini pilek dan dari kemarin mulai batuk. Saya udah mencoba menetesi hidungnya dengan tetes larutan NaCl yang biasa dijual dipasaran, tapi sampe sekarang pileknya masih aja. Gimana ya caranya untuk mengatasi batuk dan pileknya itu? saya inginnya sih nyoba cara alami dulu biar ga minum obat2an kimia.

  55. tipsbayi August 4, 2010 at 3:11 am #

    @ keira

    Sepertinya Anda bisa membaca jawaban kami di sini:

    http://www.tipsbayi.com/index.php/bagaimana-jika-anak-atau-bayi-batuk-1#comment-211

    @ Syaiful

    Biasanya memang digunakan terapi uap. Yang jelas, usahakan pemberian ASI kepada si kecil diperbanyak, untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Periksa juga kondisi rumah Anda… jangan-jangan terdapat sebab yang membuat batuk si kecil sulit sembuh. Periksa ventilasi, pencahayaan, kebersihan, dsb…

    Semoga si kecil lekas sembuh ya… kasihan, baru usia 2 bulan sudah diopname… :(

  56. Syaiful Arief August 3, 2010 at 1:13 pm #

    Bayi kami berumur 2 bulan, mengalami batuk berdahak. terapi uap sudah dilakukan bahkan sampai harus diopname di RS. Dokter mengatakan bhw perlu waktu lama utk menghilangkan dahak secara tuntas. skrg bayi kami menjalani rawat jalan. Ada nggak ya tips utk mengatasi batuk berdahak dengan cepat? Thanks atas jawabannya.

  57. keira ghani susanto August 3, 2010 at 9:05 am #

    maaf sblmnx dok,,ikutan nimbrung,anak sy skrg usianx menginjak 9 bln. dri usia 0 smpi 9 bln ini sdh kena batuk pilek 3x dan k dokter jg 3x,dl lahirnx kt dokter ketuban sy warna keruh,,dan menyebabkan baby sy gorok2 klo lg pilek ma batuk.rencananx sy mo fisioterapi ja,,pa lg mengingat baby sy suka skli dengan AC ma kipas angin klo g pake itu keringatnx kyk mandi,,yg sy takutkan klo sakit mesti k dokter dan d kasih antibiotik,,pa g kepengaruh k otak baby.thx y dok bt saranx.

  58. purwo widodo July 15, 2010 at 6:28 am #

    mohon infonya

  59. iwan July 8, 2010 at 11:14 am #

    thanks infonya gw praktikin aja dulu mudah2an manjur

  60. tipsbayi June 18, 2010 at 4:19 am #

    moms carofan:

    Usia segitu sebaiknya cukup diberikan ASI dan istirahat yang cukup..
    Meskipun boleh Anda berikan obat sesuai petunjuk dokter hanya saja tetap Anda harus tanyakan pada dokter Anda sejauh mana keharusannya pemberian obat pada bayi Anda..

    Karena penyebab penyakit flu adalah virus yang umumnya akan mereda dalam waktu 3-5 hari. Hingga saat ini pun sebenarnya belum ada obat mujarab untuk membunuh virus. Obat flu yang ada hanya sekadar untuk meringankan gejala-gejalanya saja, seperti obat penurun demam, pelega hidung tersumbat, dan pengencer lendir.

    Jadi saran kami susui terus saja dengan ASI, ASI seperti diketahui, mengandung zat-zat kekebalan tubuh (imunoglobulin) yang tidak terdapat pada susu formula.. ;-)

  61. moms carofan June 15, 2010 at 3:28 pm #

    Anak ke-2 saya berumur 1bl 4 hari terkena batuk-pilek, tertular kakaknya. Dua hari kemudian, karena suhu badannya 37.5 C, saya periksakan ke dokter dan diberi obat racikan untuk pilek : dexamethasone harsen 1/4 tab, ctm 2/3, dumocalcin. Sedangkan untuk batuknya diberi obat mercotin 1 tetes. Apakah obat ini sudah aman untuk bayi seumur dia? Terus terang saya kurang senang memberi obat pada bayi. Trimakasih sebelumnya.

  62. tipsbayi May 27, 2010 at 1:42 am #

    Anonymous:

    Apabila bayi Anda memang alergi, bisa dua kemungkinan. Pertama, alergi dari bahan MPASI-nya. Kedua, alergi sufor..

    Anda bisa mencoba memberikan MPASI-nya dengan bahan dasar yang lain. Sebaiknya memang bubur susunya Anda buat sendiri dan jadikan ASI sebagai campuran buburnya.. ;-)

    Apabila setelah Anda usahakan seperti itu bayi Anda masih tetap sesaknya kambuh, maka kemungkinan besar bayi Anda tidak alergi terhada makanan atau sufornya. Dan sebaiknya Anda bawa kembali bayi Anda ke DSA agar mendapatkan diagnosa yang tepat..

    Semoga lekas sembuh..

  63. tipsbayi May 27, 2010 at 1:29 am #

    wida:

    Mohon maaf baru dijawab.. mudah-mudahan bayi Anda sudah sehat kembali..

    Itu tidak benar.. :-) Apabila bayi Anda memang hanya batuk flu saja, Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, dengan memberikan banyak ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.. Berikan ketenangan hindarkan bayi Anda sering menangis..

    Kalau memang bayi Anda flu disertai batuk berdahak pada biasanya agak lama karena bayi Anda belum bisa membuang dahak atau lendirnya sendiri..

    Penyebab penyakit flu adalah virus yang umumnya akan mereda dalam waktu 3-5 hari. Hingga saat ini pun sebenarnya belum ada obat mujarab untuk membunuh virus. Obat flu yang ada hanya sekadar untuk meringankan gejala-gejalanya saja, seperti obat penurun demam, pelega hidung tersumbat, dan pengencer lendir.. ;-)

    Semoga lekas sembuh..

  64. Anonymous May 22, 2010 at 2:59 am #

    anak saya berumur 6 bulan , kemarin hasil rotgen ada radang paru – paru terus diterapi dan di nebulizer udah sembuh tetapi beberapa hari ini sesak nafasnya kambuh dan batuk / mengi sesak nafas itu kambuh setelah saya beri makan bubur bayi karena baru pertama kali pa alergi dengan buburnya atau gimana ya…?mohon sarannya…trimakasih

  65. wida May 21, 2010 at 4:27 am #

    asslm..saya pny baby usianya 2 bulan, terserang flu dan batuk…apa betul jika mama nya yg minum obat, akan bisa menyembuhkan sakit flu dan batuknya? sebelum saya pergi ke dokter, krn sy takut bayi saya flu dan batuknya bertambah parah. tolong infonya ya tips bayi.trims

  66. tipsbayi May 18, 2010 at 8:00 am #

    tres:

    Alergi pada anak memang bukan suatu penyakit. Alergi adalah reaksi hipersensitivas tubuh terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing atau berbahaya. Reaksi alergi biasanya muncul bila anak memiliki kecenderungan bawaan (genetik)..

    Saran kami untuk sementara hidari saja dulu pencetus alerginya. Anda harus lebih teliti mencari penyebab alerginya. Seperti misalnya alergi susu, umumnya akan hilang saat anak berusia satu tahun ke atas atau sudah berusia 15 tahun. Menurut data, sebanyak 56 persen bayi yang se belumnya menderita alergi susu, sudah menjadi toleran ketika berumur satu tahun. Sedangkan pada umur 15 tahun, 95 persen anak sudah tidak menderita alergi susu lagi.. ;-)

    Mungkin saja bayi Anda batuk biasa bukan elergi, memang tidak mudah kita mengetahui bayi elergi atau tidak, seiring dengan waktu pertanyaan ini akan terjawab.. :-)

    Namun demikian, Anda bisa mengikuti langkah-langkah ini untuk mengurangi kemungkinan bayi Anda menderita alergi, diantaranya:

    a. Jangan merokok atau membiarkan orang lain merokok di sekitar si Kecil Anda. Anda sendiri akan sangat terganggu karenanya, apalagi bayi Anda.

    b. Jangan biarkan binatang peliharaan seperti anjing, kucing atau burung berada di dalam rumah. Lebih baik mencegah bukan?

    c. Hindari penggunaan pewangi ruangan dan pembersih ruangan yang harus disemprotkan ke seputar ruangan. Zat kimia yang dikandung siapa tahu akan memicu alergi pada si Kecil.

    d. Bersihkan rumah secara teratur untuk mengurangi debu dalam rumah. Beri perhatian khusus pada karpet, bantal dan mainan yang lembut seperti boneka si Kecil.

    e. Bila memungkinkan, ganti karpet yang Anda di rumah Anda dengan yang terbuat dari plastik. Karpet biasanya menyimpan debu dan kotoran yang sulit dibersihkan tanpa menggunakan air.

    f. Mainan anak seperti boneka atau bantal sebaiknya dicuci secara teratur, atau. taruh mainan-mainan tersebut didalam plastik agar debu dan kotoran tidak segera menempel di sana..

    g. Hindarkan dari cuaca dingin atau berikan kehangatan lebih bila cuaca dingin..

    Semoga lekas sembuh.. :-)

  67. tres May 16, 2010 at 2:25 pm #

    anak saya umur 8,5 th, sdh 3 bln batuk, sy sudah 4 kali ke dr anak, kta dokter anakny alergi, saya kuatir sekali. segala saran dokter sudah saya laksanakan, ttp tetap aja batuk. waktu umur 3 thn pernah flex paru, dan sudah sembuh. saya jg sdh minta ke dokter untuk mantuk sama rotgen, tp kata dokter hanya alergi. sekarang saya harus bagaimana untuk mengatasi batuk anak saya

  68. tipsbayi May 11, 2010 at 3:26 am #

    yuliana:

    Apakah bayi Anda sebelumnya mendapatkan ASI eksklusif..? Apakah sekarang bayi Anda masih mendapatkan ASI..?

    Saran dari kami, apabila memang ASI Anda masih keluar, sebaiknya Anda pertahankan pemberian ASI pada bayi Anda.. Karena dengan Anda memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus. ;-)

    Memang benar janganlah kita serampangan memberikan antibiotik kepada bayi. Penting diketahui, antibiotik baru ampuh dan berkhasiat jika berhadapan dengan bakteri atau kuman. Antibiotik tak akan mampu membunuh virus juga parasit. Apabila kita sering memberikan antibiotik maka dosisnya akan semakin tinggi..

    Pertambahan berat badan bukan masalah hitam-putih. Maksudnya, kalau berat badan bayi Anda ringan lantas dia dianggap sakit-sakitan atau saat bayi Anda terlihat gemuk langsung disimpulkan dia sebagai bayi sehat. Secara umum pertambahan BB dapat dikategorikan dalam hitungan sebagai berikut:

    * Triwulan pertama : 600- 1200 gram per bulan

    * Triwulan kedua : 500-600 gram per bulan

    * Triwulan ketiga : 350-450 gram per bulan

    * Triwulan keempat : 150-250 gram per bulan

    Untuk memastikan apakah bayi Anda masih dalam kategori normal, kurang atau berlebih, Anda dapat mengecek atau membandingkannya melalui kurva Lubchenko yang terdapat pada buku pantau tumbuh-kembang bayi atau KMS (Kartu Menuju Sehat) dari Puskesmas atau Rumah Sakit. Nah, berdasarkan kurva tersebut, parameter untuk mengetahui pertumbuhan bayi tidak hanya dilihat dari pertambahan BB, tapi juga tinggi badan dan ukuran lingkar kepala..

    Agar berat badan bayi Anda tetap mengalami peningkatan yang normal dan sesuai dengan pertambahan usianya, berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.. Pertahankan pemberian ASI.. ;-)

  69. yuliana May 8, 2010 at 4:03 pm #

    Dear Tips BAyi….
    Bayi saya usia 10bln 8 hari sering sekali sakit …kami pergi ke Dokter dan sllu diberi Antibiotik Setelah Sakit yg Terakhir Saya Minta untuk tdk diberi Antibiotik Lagi krn menurut saya bayi saya baru saja sembuh sakitnya (ada antibiotiknya),sakit lagi diberi antibiotik lagi sy tdk mau tp dokter bilang ktanya kalo gax diberi antibiotik bgmana babynay bs sembuh……..apakah benar terlalu banyak antibiotik tdk ada efeknya untuk baby….
    apakah baby koq tdk bs gemuk padahal sama dokter sudah diberi vitamin tetap aja mudah sakit ….

  70. tipsbayi May 4, 2010 at 4:50 am #

    papatimo:

    Usia tepatnya berapa bulan..? Memang pencernaan bayi usian dibawah 6 bulan masih rentan sekali..

    Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

    * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
    * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
    * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
    * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
    * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

    Jika setiap kali Anda mencoba menyuapkan makanan kepada si kecil dan lidahnya terus mendorong makanan tersebut keluar, berarti dia belum siap diberi MPASI. Kalau begitu, jangan dipaksa… ;-)

    Bisa saja tepung beras menjadi pemicu Alergi meskipun kecil kemungkinan. Bisa saja sufor sebagai campurannya yang menyebabkan alerginya. Anda bisa coba buatkan makanannya dengan campuran ASI..

    Untuk bayi Anda yang sedang batuk.. adakalanya memang bisa terpicu dengan udara dingin, maka hindarkan atau sesuaikan suhu AC-nya agar tidak terlalu dingin.. ;-)

  71. tipsbayi May 4, 2010 at 4:26 am #

    hilde:

    Secara umum pertambahan BB dapat dikategorikan dalam hitungan sebagai berikut:

    * Triwulan pertama : 600- 1200 gram per bulan

    * Triwulan kedua : 500-600 gram per bulan

    * Triwulan ketiga : 350-450 gram per bulan

    * Triwulan keempat : 150-250 gram per bulan

    Anda tidak perlu khawatir dengan Bb bayi Anda.. ;-)

    Untuk muntahnya sudah tidak ada kan?, bisa saja muntahnya karena tidak cocok sufor atau karena batuk dahak yang sangat mengganggu..

    Yang telah Anda lakukan sudah tepat.., memang benar janganlah kita serampangan memberikan antibiotik kepada bayi. Penting diketahui, antibiotik baru ampuh dan berkhasiat jika berhadapan dengan bakteri atau kuman. Antibiotik tak akan mampu membunuh virus juga parasit.

    Ada baiknya Anda periksakan bayi Anda kepada DSA agar diketahui penyebab batuknya. Selanjutnya apabila DSA memberikan obat maka Anda bisa tanyakan sejauhmana pengaruh obat yang diberikan pada bayi Anda..

    Biasanya antibiotik diberikan apabila ada peradangan.. ;-)

  72. hilde April 30, 2010 at 3:52 pm #

    Dear Tipsbayi,
    dok, sy ibu dr seorang bayi usianya 5bulan15hr, berat 8.05kg belakangan beratnya agak terhambat naik sebab sejak usia 5bln sering sakit mulai demam (37.5-38.3), muntah asi (susu kemasan) serta diare, sekarang malah batuk (deras suara batuknya spt org dewasa) serta demam.. tolong dok solusinya krn bingung mau dibawa ke DSA pasti diberi antibiotik n obat.. apa kirar penyebab dan solusinya apa ya dok, terima kasih.

  73. papatimo April 30, 2010 at 3:25 pm #

    Saya mau tanya dok, bayi dibawah 6bulan diberi makanan padat (bubur beras merah yg diblender terlebih dulu) apakah menyebabkan radang tenggorokan (alergi)..? kalau bayi sedang batuk apakah bisa di tidur di ruangan ber-ac ga yah? thanks…

  74. hilde April 30, 2010 at 3:18 pm #

    Dear tipsBayi,
    anak sy umur 5bln 15hr bb 8.05kg biasanya tiap bulan naik rata2 1kg, tp 1 bulan ini agak tertahan krn mulai memasuki usia 5bln sering sakit, mulai demam, lalu diare dan terakhir sekarang batuk serta demam.. kira2 jenis batuknya apaan ya krn sy kuatir kalau dibawa ke DAS pasti diberi antibiotik dan obat2an aja. Tolong tips nya dok, solusi apa yg hrs saya lakukan krn saya sangat kuatir. trims TipsBayi

  75. tipsbayi April 27, 2010 at 4:49 am #

    bunda chandra:

    Sebelumnya kami ucapkan selamat bergabung.. :-)
    Menyedot ingus memang bisa dilakukan, tetntunya dengan alat yang sudah diperuntukan. Akan tetapi apabila kita lakukan dengan sedotan mulut kita, harus hati-hati dengan kekuatan sedotannya, yang mungkin saja diluar kontrol kita (terlalu kuat). Bahkan dengan begini kurang higienis karena penyakit kemungkinan akan berpindah pada orang yang menyedotnya..

    Apabila memang hanya batuk flu saja, Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-5 hari, dengan memberikan ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.. Penyebab penyakit flu adalah virus yang umumnya akan mereda dalam waktu 3-5 hari. Hingga saat ini pun sebenarnya belum ada obat mujarab untuk membunuh virus. Obat flu yang ada hanya sekadar untuk meringankan gejala-gejalanya saja, seperti obat penurun demam, pelega hidung tersumbat, dan pengencer lendir.

    Memang untuk batuk berdahak pada bayi biasanya agak lama karena bayi belum bisa membuang dahak atau lendirnya sendiri..

    Jadi saran kami susui terus saja dengan ASI, ASI seperti diketahui, mengandung zat-zat kekebalan tubuh (imunoglobulin) yang tidak terdapat pada susu formula. ;-)

    Untuk mengatasi hidung tersumbatnya bisa dengan terapi uap..

  76. tipsbayi April 26, 2010 at 4:51 am #

    eka:

    Apabila memang hanya batuk flu saja, Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-5 hari, dengan memberikan ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.. Penyebab penyakit flu adalah virus yang umumnya akan mereda dalam waktu 3-5 hari. Hingga saat ini pun sebenarnya belum ada obat mujarab untuk membunuh virus. Obat flu yang ada hanya sekadar untuk meringankan gejala-gejalanya saja, seperti obat penurun demam, pelega hidung tersumbat, dan pengencer lendir.

    Jadi saran kami susui terus saja dengan ASI, ASI seperti diketahui, mengandung zat-zat kekebalan tubuh (imunoglobulin) yang tidak terdapat pada susu formula. ;-)

  77. tipsbayi April 26, 2010 at 4:44 am #

    tedi ramdani:

    Pilek bayi Anda hanya muncul pada malam hari ya..? Apabila kejadian seperti ini sudah biasa dialami bayi Anda sejak lama maka kemungkinan bayi Anda alergi cuaca dingin.. Kalau demikina maka sebaiknya Anda berikan kehangatan lebih pada bayi Anda di malam harinya..

    Akan tetapi bisa juga pilek atau flu biasa dan kondisinya memburuk jika cuaca lebih dingin.. Apabila memang hanya flu Anda jangan khawatir berikan saja ASI dan istirahat cukup, Insya Allah dalam waktu 3-5 hari akan membaik.. ;-)

  78. bunda chandra April 25, 2010 at 11:26 pm #

    Dear tipsbayi…
    Saya baru pertama kali ikut dalam milis ini..
    Saya punya sedikit masalh yang lumayan bikin cemas..
    Anak saya(Chandra) berumur 6bln.. Sudah 5 hari ini dia pillek kemudian diikuti batuk dan demam. Dokter memberikan 2 macam sirup tapi sampai sekarang pileknya belum sembuh juga (batuknya agak berkurang). SEtipa malam gelisah karena hidung tersumbat…
    Saya ingin minta saran,apa yang bisa saya lakukan untuk melegakan hidung tersumbat bayi(secara traditional)?apakah dengan menyedot lendir dengan alat penyedot atau denagn mulut itu aman?

    MOhon bantuanya..
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih..

  79. eka April 22, 2010 at 6:02 am #

    anak saya umur 10bln skr lg pilek n batuk..dsa kasi mucopert n obt racikan puyer..saya mo tny ap obt racikan harus dihabiskan atau boleh disimpan lama?bln depan jdwl imunisasix influensa??apa stlh imunisasi influenza anak saya tidak akan flu lg?thanks ..

  80. tedi ramdani April 22, 2010 at 3:45 am #

    anak saya berumur 13 bulan, sudah beberapa hari tidur malamnya sering terganggu karena pilek, hidungnya seperti tersumbat oleh lendir, bahkan kalo tidur terdengar suara seperti mengorok tapi anehnya kalo siang sembuh tak terlihat sama sekali gejala flu, kenapa ya? dan bagaimana cara mengatasinya? terimakasih sebelumnya.

  81. tipsbayi April 6, 2010 at 7:45 am #

    IputD:

    Saran kami susui terus saja bayi Anda dengan ASI, ASI seperti diketahui, mengandung zat-zat kekebalan tubuh (imunoglobulin) yang tidak terdapat pada susu formula. ;-)

    Berikan istirahat yang cukup, berikan ketenangan agar emosinya terjada. Benar yang dikatakan bing-bing dengan sering menangis maka akan terpancing menjadi sering batuk.. kasihan kan..

    Apabila Anda membawanya ke dokter, bertanyalah secara detail tentang diagnosa penyakit bayi Anda. Apabila diberikan obat, tanyakanlah dengan teliti sejauh mana kepentingan (keharusan dikonsumsi) dan efek obat tersebut..

    Semoga lekas sembuh.. ;-)

    Untuk batuk berdahak pada bayi agak sedikit lama karena bayi belum bisa membuang dahaknya sendiri..

  82. tipsbayi April 6, 2010 at 7:36 am #

    bing-bing:

    Mohon maaf pertanyaan Anda terlewat sehingga belum terjawab. Kami turut gembira bayi Anda sudah sembuh dari sakitnya dan ceria kembali..

    Terima kasih atas sarannya. Kami yakin akan berguna sekali untuk para bunda.. ;-)

  83. bing-bing April 6, 2010 at 5:13 am #

    puji Tuhan, skrg anak saya telah sembuh dari batuknya….
    mgk tips yg saya dpt berikan adalah…. segera bawa lagi ke Dr. klo blh tau u/ IputD posisi ada di sby / luar sby? mgk saya bisa kasi rekomendasi Dr, coz Dr anak saya bagus.harganya jg gak terlalu mahal.apalagi obatnya murah & juga manjur….
    selain ke Dr usahakan supaya anak jarang menangis.hal itu jg nebgurangi waktu bantuknya & sesering mgk beri minum anak dg air putih yang sangat.Puji Tuhan itu semua dapat membantu.
    Thx

  84. IputD April 5, 2010 at 10:07 am #

    Thank Bgt ini semua sangat berguna!
    anak saya berusia 5 Bulan Lebih
    udah 2 Minggu batuk dengan dahak yang kental sekali sehingga klo dia batuk sangat keskitan.
    udah Di bawa ke bidan pengobatan 1 minggu tetap tdk ada perubahan hingga akhirnya saya bawa ke dokter dan syukur pengobatan selama 1 minggu mengurangi batuknya hanya 2 hari setelah itu batuk lagi bahkan lebih parah.
    tips apa yang bisa saya lakukan untuk anak saya (saya belum bawa putra saya ke dokter lagi)

  85. bing-bing March 8, 2010 at 5:18 am #

    anak sy usia 8 bl. sdh 1 mgg sakit batuk yg ada dahaknya, dan flu, shg membuat hidungnya tersumbat. saya sdh membawanya ke dokter& diberi obat puyer. tp smpai skrg blm ada reaksi….
    tlg dong,kl ada yg punya info…
    thx

  86. tipsbayi February 25, 2010 at 2:13 am #

    Trias:

    Untuk pemberian vitamin boleh saja akan tetapi sebaiknya Anda konsultasikan dan periksakan dahulu dengan DSA atau ahli gizi, karena setiap bayi akan berbeda kebutuhan jenis vitamin yang diperlukannya.. :-)

    Meskipun boleh memberi vitamin sebagai penambah nafsu makan, tetap harus dicari penyebabnya, kenapa bayi tidak senang makan? Karena anak, apalagi bayi, sulit makan bisa karena berbagai penyebab.

  87. tipsbayi February 22, 2010 at 4:56 am #

    yanthi:

    Amin.. Mudah-mudahan bayi Anda sehat selalu..

    Apabila memang hanya batuk flu saja, Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-5 hari, dengan memberikan ASI (sufor) dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.., untuk batuk berdahak pada bayi agak sedikit lama karena bayi belum bisa membuang dahaknya sendiri.. Ada kemungkinan bayi Anda muntah karena terganggu oleh dahaknya..

    Benar.. Kebiasaan minum susu pada botol atau ngempeng sambil tiduran diindikasikan sebagai salah satu penyebab infeksi saluran telinga..

    Sebaiknya Anda konsultasi denga DSA dan minta rujukan pada dokter spesialis jika perlu..

    Untuk susunya kalau sudah tida ASI lagi.. Anda bisa mencari susu yang cocok dengan bayi Anda.. ;-)

  88. Trias February 19, 2010 at 3:18 am #

    Tips perlukah memberi viamin untuk bayi sehabis sakit? putriku mknnya suka diemut sy khawatir nafsu makan dia menurun terus, mhn pencerahannya, thanks

  89. yanthi February 18, 2010 at 4:31 am #

    Assalamu’alaikum…

    Saya adalah ibu muda, anak saya berumur 16 bulan….mohon bantuan saran, informasi atau tip2 untuk menambah pengetahuan saya sebagai ibu baru, atau bahkan membantu menyelesaikan permasalahan yang saya hadapi.

    Sabtu, 13 Feb 10 kemarin anak saya mendapatkan imunisasi MMR, yang sudah di jadwalkan DSA nya, yang memang masih sering di ceritakan isu2 autis dari efek samping nya, mudah2 an anak saya akan sehat2 saja ( amien) . waktu habis di suntik saya tanyakan ke DSA nya apa efek samping nya , beliau bilang tidak ada, trs saya tanya ” panas pun tidak Dok ? ” Beliau jg menjawab tidak. Berselang 2 hari kemudian anak saya tiba2 panas tinggi sampai dengan 39 derajat , rewel dan sangat gelisa, makan tidak mau cuma susu dan roti masih mau. Apalagi klo mo tidur sudah mengantuk , tiba2 nangis trs minta main …bolak-balik jalan 2 gelisa sekali. kadang habis minum susu dia batuk dan muntah, ini berlangsung selama 2 hari, di hari ke 3 tidak panas lg tp muncul bintik2 merah dan lentingan2 berisi air , seperti cacar air…Apakah ibu2/ bapak/ temen yg lain tau gejala cacar air? waktu panas di hari pertama saya gak balik lagi ke DSA nya, krn saya baca2 artikel tentang imunisasi MMR adalah 60% tidak mengalami efek samping dan 40% mengalami, jadi saya berfikir bahwa anak saya yg termasuk 40% nya mungkin,dan ciri2 nya jg sama panas tinggi di hari ke 2 – 3 pasca imunisasi jg ada ruam, tp kok anak saya ruam2 trs ada lentingan2 berisi air yach? saya jadi bingung sekali….apakah saya kembali saja ke DSA nya atau saya ke Dokter spesialist THT yach, masalah lain nya anak saya suka habis minum susu kadang batuk2 trs muntah, bisa 1 hari muntah sampai 3 x bisa jg tidak sama sekali muntah, saya jg baca artikel bahaya nya minum susu pakai botol sambil tiduran karena bisa mengakibatkan infeksi saluran di THT itu , apa benar gak sich?
    Mohon saran nya apakah saya harus ke Dokter THT untuk permasalah bantuk dan muntah nya atau dokter Paru dan saluran pernapasan yach? untuk informasi nya anak saya sering sekali sakit batuk dan pilek untuk jangka waktu yg lama, walaupun akhir nya sembuh tp suka sakit lg. Sebelum 1 tahun anak saya di vonis alergi susu sapi maka DSA nya menyarankan susu kedelai , saya sudah ganti minum kedelai, tp masih batuk2 jg malah ngak mau nyusu, sekarang susu nya Dancow madu. Dan selepas ganti susu dia baik2 aja tp baru akhir2 ini dia batuk dan muntah tp jarang sekali. Demikian Terima kasih atas bantuan nya

  90. tipsbayi February 18, 2010 at 3:52 am #

    Trias:

    Apabila memang hanya batuk flu saja, Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-5 hari, dengan memberikan ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.., untuk batuk berdahak pada bayi agak sedikit lama karena bayi belum bisa membuang dahaknya sendiri..

    Untuk penggunaan obat-obatan sebaiknya Anda mengikuti petunjuk dokter..

    Penyebab penyakit flu adalah virus yang umumnya akan mereda dalam waktu 3-5 hari. Hingga saat ini pun sebenarnya belum ada obat mujarab untuk membunuh virus. Obat flu yang ada hanya sekadar untuk meringankan gejala-gejalanya saja, seperti obat penurun demam, pelega hidung tersumbat, dan pengencer lendir.
    Jadi saran kami susui terus saja dengan ASI, ASI seperti diketahui, mengandung zat-zat kekebalan tubuh (imunoglobulin) yang tidak terdapat pada susu formula.

    Hubungi kembali DSA apabila selama 5 hari tidak ada perkembangan atau bayi Anda menolak sama sekali ASI.. Semoga lekas sembuh.. ;-)

  91. Trias February 16, 2010 at 2:38 am #

    Wah anak saya juga lagi pilek dan batuk sudah 3 hari, obat tetes hidung yg bgm yg aman dikonsumsi bayi usia 11 bulan? fungsinya untuk mengobati pileknya atau hanya melegakan pernafasan? thanks tips

  92. tipsbayi February 15, 2010 at 2:15 am #

    Mama Nissa, Lisda:

    Wa’alaikum Salam,
    Apabila memang hanya batuk flu saja, Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-5 hari, dengan memberikan ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok.., untuk batuk berdahak pada bayi agak sedikit lama karena bayi belum bisa membuang dahaknya sendiri..

    Penyebab penyakit flu adalah virus yang umumnya akan mereda dalam waktu 3-5 hari. Hingga saat ini pun sebenarnya belum ada obat mujarab untuk membunuh virus. Obat flu yang ada hanya sekadar untuk meringankan gejala-gejalanya saja, seperti obat penurun demam, pelega hidung tersumbat, dan pengencer lendir.
    Jadi saran kami susui terus saja dengan ASI, ASI seperti diketahui, mengandung zat-zat kekebalan tubuh (imunoglobulin) yang tidak terdapat pada susu formula.

    Hubungi kembali DSA apabila selama 5 hari tidak ada perkembangan atau bayi Anda menolak sama sekali ASI.. Semoga lekas sembuh.. ;-)

    Oh ya.. Mama Nissa, bayi Anda sering bersin.. Bisa gejala flu atau juga.. Alergi debu. Jagalah kebersihan ruangan bayi Anda..

  93. lisda February 13, 2010 at 3:26 am #

    anak saya skr umur 2bl lewat 1mmg, tadinya flue hidung, tersumbat n klu tidur sy kasih bantal tinggi dgn maksuk supaya tdk mampet hidungnya, skr menjadi batuk n batuknya seperti berlendir, sy kasian sekali setiap kali batuk urat yg ada di kepalanya itu sampai mengembung n saya sudah ke dokt di kasih obat flue, tetesan hidung,batuk, antibiotik baru 1 hr ini tp blon ada perubahan kali aja temans ada tip untuk anak saya, dmkian tks atas bantuannya.

  94. Mama Nissa February 12, 2010 at 5:19 pm #

    Assalamuaikum…
    Saya punya bayi yg berumur 4 bulan,saat ini sedang batuk & pilek.saya bingung apa yg harus saya lakukan?saya ga mau anak saya minum obat. Terus anak saya ini sejak berumur 2 hari sudah sering bersin,kenapa ya?

  95. tipsbayi January 25, 2010 at 7:08 am #

    ms. croft:

    Saran, berikan selalu nutrisi walau cair sekalipun, berikan istirahat yang cukup, berikan ketenangan pada anak Anda dan ciptakan suasana yang nyaman untuk anak Anda.. ;-)

    Ikuti saran DSA.. Semoga lekas sembuh..

  96. tipsbayi January 25, 2010 at 6:34 am #

    erwin:

    Setiap obat pasti ada efek sampingnya.. Anda boleh pergi ke DSA, akan tetapi sebaiknya Anda jangan terlalu mudah memberikan obat-obatan kimiawi kepada anak. Jika dokter memberikan obat-obatan, tanyakan apa sebenarnya penyakit anak Anda dan apakah memang pemberian obat tsb benar-benar perlu? Lebih baik Anda mengusahakan agar daya tahan tubuhnya membaik, agar tidak mudah sakit…

    Apabila memang hanya batuk flu saja Insya Allah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-5 hari, dengan memberikan ASI dan istirahat yang cukup itu sudah cukup kok..

    Penyebab penyakit flu adalah virus yang umumnya akan mereda dalam waktu 3-5 hari. Hingga saat ini pun sebenarnya belum ada obat mujarab untuk membunuh virus. Obat flu yang ada hanya sekadar untuk meringankan gejala-gejalanya saja, seperti obat penurun demam, pelega hidung tersumbat, dan pengencer lendir.
    Jadi saran kami susui terus saja dengan ASI, ASIseperti diketahui, mengandung zat-zat kekebalan tubuh (imunoglobulin) yang tidak terdapat pada susu formula. ;-)

  97. ms. croft January 23, 2010 at 2:49 pm #

    Dear tips bayi,
    terimakasih atas semua informasinya.
    Anak saya 2th4bln- sudah 5 hari demam batuk pilek. Sudah test darah juga pd hari ke-3. Syukurlah DB nya -, tapi HB dibawah normal (Low) dan
    Sel darah putih scorenya High. Saat ini indikasinya mengarah ke batuk pilek krn virus. Awalnya dikasih resep antibiotik
    Tapi krn hasil lab spt itu, antibiotiknya tdk saya kasihkan ke anak, hanya obat batuk pilek demam dan vitamin.
    Anak jg tdk mau makan dan sulit minum susu. Tp kl sudah tidur, saya kasih makanan cair.
    Kata dokternya, jika 5 hari tdk sembuh, diminta test darah lagi, krn bs kemungkinan typus. Tp saya ragu krn asupan
    Makanan ke anak saya ini selalu terjaga dgn baik, apalagi utk anak seumur itu, makanannya tdk sembarangan.
    Bgm sebaiknya ya? Mohon saran.
    Terimmakasih.

  98. erwin January 20, 2010 at 12:58 am #

    Dear tips bayi ,
    Sebelum nya trima kasih atas artikel nya .
    Ada yang ingin saya tanyakan , saya punya Bayi 3 bulan 2 minggu sdh 3 Hari ini batuk , pilek dan bersin periksa di DSA informasi nya lagi musim dan di kasih 3 macam obat :
    1. obat tetes hidung : breathy natrium klorida (2 tetes)
    2. obat tetes mulut : fenistil oral drops (8 tetes)
    3. anti biotik (puyer)
    obat apakah itu dan apa efe sampingnya ? memang harus di habiskan semua obatnya ?
    Mohon jawaban nya
    Terima kasih

  99. tipsbayi November 26, 2009 at 4:34 am #

    virsan gustian:

    Kami turut sedih mendengarnya, akan tetapi Anda jangan putus asa jalani ujian ini dengan sabar..

    Demam adalah salah satu reaksi dari berbagai penyakit jadi demam dapat merupakan suatu gejala penyakit atau infeksi, termasuk penyakit yang bayi Anda derita. Juga dapat merupakan suatu akibat cuaca panas atau imunisasi. Jika bayi Anda demam dengan temperatur yang diukur melalui mulut atau telinga 37,8C, atau melalui rektum 38C dan 37,2 C melalui ketiak, kemungkinannya bayi Anda terserang demam. Anak-anak biasanya terserang demam lebih tinggi dari pada orang dewasa.

    Untuk demam yang ringan saja yang menyebabkan kurang nyaman, tidak diperlukan penanganan khusus. Demam itu sendiri merupakan suatu cara bahwa anak itu sedang melawan suatu infeksi. Dokter Anda mungkin menyarankan untuk tidak melakukan apa-apa selama 24 jam. Jika demamnya cukup tinggi dan mengganggu minum, makan, tidur atau kegiatan- kegiatan sehari-harinya, baru harus ditangani.

    Perawatan Di rumah

    Pastikan bayi Anda banyak minum ASI dan istirahat yang cukup.

    Hindari memandikan anak Anda jika ia terserang demam tinggi, karena kemungkinan akan meninggikan demamnya.

    Anda bisa saja memberikan anak Anda acetaminophen dengan dosis yang tepat sesuai petunjuk dokter .

    Semoga lekas sembuh..

  100. Bunda alfaraby November 25, 2009 at 1:25 pm #

    Dear tips bayi,
    boleh tdk memberi perasan bawang merah pd bayi 8bln.rencanany aku mau berikan pd bayiku,karena dia batuk walau jarang sih.awalny batuk setelah malam yg lalu memasang kipas angin untuk mengusir nyamuk,paginya batuk2 kering,kt ibu bayiku masuk angin.
    Alhamdulillah kuberi dia ASI ekslusif,smp sekarang pun masih asi.setiap batuk pd mlm hr aku beri asi apakah itu langkah tepat,aku blm ke DSA krn ragu2 jgn2 anakku disuruh minum obat kasian kecil2 dah sering minum obat.
    Ditunggu jwbnya secepatnya. Thanks

  101. virsan gustian November 17, 2009 at 7:12 am #

    dear tips bayi
    anak ketiga saya bernama adhitya lucky,ia sekarang berumur 13 bulan,sewaktu dia berusia 6 bulan dia sering demam,dan batuk,kami sering berobat kedokter spesialis anak anak,lalu dokter dokter kasih obat sama anak saya,beberapa menit demam turun, setelah obat habis dia demam lagi dan bawa lagi kedokter,setelah usia 9 bulan telinga kiri dan kanan keluar cairan itupun kalau demam lalu setelah dia usia 10 bulan demam lagi dan dia kejang setelah dia kejang dia koma tak sadarkan diri selama 8 hari dirumah sakit, lalu saya bertanya sama dokter apa dianosa penyakitnya,katanya dia penyakit expalitis ( kejang otak ) itupun hasil photo torak,bagaimana solusi anak saya,kok sering demam sampai sekarang ini
    dan kalau dikasih obat anti kejang dia tak demam,tapi demamnya turun naik,tolonglah solusinya sya sdh pusing mikiri anak saya ,apakah penyakit kejang otak (expalitis) sering demam. terima kasih atas bantuannya

  102. tipsbayi November 17, 2009 at 3:58 am #

    mama raziq:

    BB bayi Anda bagus..

    Bayi batuk terus muntah itu biasa, karena bayi belum bisa mengeluarkan dahaknya sendiri, sedangkan dahak sangat menggangu ketika bayi Anda saat menelan makanannya, bahkan tak jarang semua makanan yang sudah masuk jadi keluar kembali. Untuk itu selama bayi Anda batuk untuk sementara Anda rubah makanannya lebih cair, berikan makan dengan interval yang agak santai..

    Apabila muntah masih dalam keadaan wajar yaitu cairan yang keluar tidak sebanyak yang masuk.., maka Anda tidak perlu khawatir.. :-)

    Bila muntah pada bayi Anda terlihat tidak wajar, sering dan banyak apalagi ada cairan kehijauan maka segera hubungi DSA..

    Berikan ASI saja dan untuk pemberian obat apapun hendaknya sesuai petunjuk dokter..

  103. mama hilarry November 16, 2009 at 11:49 am #

    Dear Tips Bayi:
    ank pertama saya bernama hillary,ia baru berumur 8 blan..
    wktu bru lahir dkter blang klau jantung nya ada lubang kecil,tepat nya di penyekat jntung antara bilik kiri dan kanan.
    tp sekarang jntng nya sudah menutup..
    saya ingin tnya mengapa ank saya sering tersedak klau minum susu atau air putih?dan kadang terdengar bunyi dahak nya klau dia mnum susu(tp tidak setiap hari,hnya kadang saja).
    apa dia tersedak saat mnum susu karna dahak nya?
    apa pnyebab muncul nya dahak?
    bagaimana cara mengatasi nya?
    terima kasih..

  104. mama raziq October 19, 2009 at 3:43 am #

    tips bayi bener2 membantu nie..sy mw tanya donk..anak sy 11 bln,bb nya 9,9 kg alhamdulillah jarang batuk pilek..saat ini dia batuk, tiap kali batuk2 disertai muntah,sehari bisa muntah sampai 5x..saya baru memberi obat apotek dan ASI saja. kira2 butuh obat anti muntah spt domperidone gtu ga ya?saya ada obat anti muntah,tapi takut buat ngasihnya..sebenernya muntah pada saat batuk normal ga ya?
    makasih..

  105. tipsbayi October 17, 2009 at 1:09 am #

    Abi Rama:

    Untuk kasus seperti ini, sebaiknya Anda konsultasi langsung dengan dokter anak Anda…

  106. abi Rama October 16, 2009 at 9:33 am #

    Dear Tips bayi
    anak saya berumur 1bln 3mgg, bb 4 kg, saat ini sedang batuk dan pilek…..hal ini dikarenakan memang kami semua sedang batuk dan pilek…mohon bantuannya apakah obat yg terbaik. saat ini saya terbiasa memberikan anak saya yang lain dengan mucopect….untuk ukuran anak saya tersebut kiranya berapa dosis yg tepat

  107. alya October 14, 2009 at 5:12 am #

    aku mau tanya dong, ciri anak2 yang terkena flek paru itu apa saja yah??
    aku agak worried anak ku 10 bln, dy underweight. berat badannya sulit sekali naik, dalam bulan ini dy naik kurang dari 2 ons. Memang makannya agak sulit, tapi saya seimbangkan dengan susu n biskuit. apa itu wajar. aku takut dy terkena flek paru, karena berat badan sulit naik juga merupakan salah satu ciri anak yg trkena flek paru. b4 Terimakasih atas jawabannya…

  108. tipsbayi October 12, 2009 at 3:24 am #

    mommy byan :

    Dengan banyaknya Anda bertanya maka rubrik ini menjadi hidup.., jadi tidak mengapa Anda banyak bertanya kami sangat senang dan kami jawab semampu kami.. :-)

    Anda jangan terlalu khawatir diagnosa dokter belum final bahwa bayi Anda menderita bronchiolitis yang biasa menyerang kebanyakan bayi dan anak-anak kecil ini, mungkin saja hanya batuk biasa atau batuk elergi.. masih ada kemungkinan lain, saran kami pastikan bayi Anda banyak minum, karena Anda sudah tidak bisa memberikan ASI maka berikan saja banyak sufor, jaga suhu dan kebersihan ruangan, konsultasikan terus dengan DSA tentang kondisi bayi Anda..

    Semoga lekas sembuh.. :-)

  109. mommy byan October 10, 2009 at 4:21 pm #

    dear tips bayi,,

    Ini kedua kalinya saya bertanya pada forum ini,, maaf bgt klo saya banyak nanya karna saya baru punya anak n ngerasa perlu bgt sharing ma tmn2 yg dah brpengalaman… seperti yg udah pernah saya informasikan,, anak saya yg berumur 5 bulan saat ini sedang batuk yg boleh saya katakan lumayan parah karena saya sudah 2x ke dsa n meminumkan obat yg diresepkan, tp tetap blm sembuh jg meski bisa dikatakan kondisinya agak lebih baik dr sebelumnya karna batuknya sudah jarang-jarang..

    Karna kt dsa anak saya memiliki banyak lendir,, dsa akhirnya memberikan inhalasi (penguapan) untuk mengencerkan lendirnya selama 3 hari berturut-turut dan pengambilan darah (cek darah lengkap),, setelah dilaporkan.. dsa mengatakan anak saya memiliki radang lalu memberikan resep, beberapa adalah penambahan obat sebelumnya n beberapa lainnya adalah resep baru… klo setelah beberapa hari masih memiliki banyak lendir, dsa meminta untuk melakukan ronsen…

    Yang ingin saya tanyakan menurut pengetahuan tips bayi batuk anak saya sebenarnya apa? kenapa bisa sampai seperti itu n bagaimana untuk menyembuhkannya? n apa sebenarnya fungsi pemeriksaan cek darah lengkap n ronsen untuk kasus anak saya ini? apakah benar dugaan saya sebagaimana yg dijelaskan dalam artikel diatas klo anak saya menderita bronchiolitis karna anak saya sempat mengalami demam ringan n pilek… sampai saat ini masih terdengar bunyi grok grok grok klo dia bernapas.. perlu diketahui jg,, saat ini anak saya sudah tidak asi karna saya mengalami kekeringan asi sejak anak saya berusia 2 bln…

    Mohon bantuannya sangat karena saya tidak tega melihat dia batuk-batuk dan bersin dengan nafas yang seolah berat seperti itu…

    Makasih sebelumnya..

  110. tipsbayi October 3, 2009 at 4:32 am #

    Fenny leo :

    Alergi pada bayi memang bukan suatu penyakit. Alergi adalah reaksi hipersensitivas tubuh terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing atau berbahaya. Reaksi alergi biasanya muncul bila bayi memiliki kecenderungan bawaan (genetik)..

    Mungkin saja bayi Anda batuk biasa bukan elergi, memang tidak mudah kita mengetahui bayi elergi atau tidak, seiring dengan waktu pertanyaan ini akan terjawab.. :-)

    Namun demikian, Anda bisa mengikuti langkah-langkah ini untuk mengurangi kemungkinan bayi Anda menderita alergi, diantaranya:

    a. Usahakan untuk memberikan ASI selama 4 bulan hingga 6 bulan lebih lama. Langkah ini akan menambah kekebalan bayi terhadap zat yang menimbulkan alergi.

    b. Hindari makanan tambahan sebelum si Kecil mencapai usia 6 bulan. Hal ini tentu berkaitan dengan pemberian ASI eksklusif untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil.

    c. Jangan merokok atau membiarkan orang lain merokok di sekitar si Kecil Anda. Anda sendiri akan sangat terganggu karenanya, apalagi bayi Anda.

    d. Jangan biarkan binatang peliharaan seperti anjing, kucing atau burung berada di dalam rumah sebelum anak menginjak usia 1 tahun. Lebih baik mencegah bukan?

    e. Hindari penggunaan pewangi ruangan dan pembersih ruangan yang harus disemprotkan ke seputar ruangan. Zat kimia yang dikandung siapa tahu akan memicu alergi pada si Kecil.

    f. Bersihkan rumah secara teratur untuk mengurangi debu dalam rumah. Beri perhatian khusus pada karpet, bantal dan mainan yang lembut seperti boneka si Kecil.

    g. Bila memungkinkan, ganti karpet yang Anda di rumah Anda dengan yang terbuat dari plastik. Karpet biasanya menyimpan debu dan kotoran yang sulit dibersihkan tanpa menggunakan air.

    h. Mainan anak seperti boneka atau bantal sebaiknya dicuci secara teratur, atau. taruh mainan-mainan tersebut didalam plastik agar debu dan kotoran tidak segera menempel di sana.

    Anda boleh menggunakan kamar ber AC yang tdak terlalu dingin.(25-26 derajat C), usahakan bayi Anda tidur dalam posisi miring, jangan terlentang, ini akan menolong mengurangi batuk.

    Untuk mengetahui diagnosa yang tepat ada baiknya Anda konsultasi dengan DSA, semoga lekas sembuh.. :-)

    Untuk Anak Anda yang berumur 5 tahun, jenis makanan yang sehat dan jadwal makannya sama dengan orang dewasa hanya dari volumenya saja yang berbeda dan hanya beberapa makanan yang memerlukan adaptasi terhadap kebiasaan.., prinsif sederhananya pengeluaran bagaimana pemasukan jadi bila BAB nya lebih dari 1x bisa jadi pemasukannya memang banyak..itupun sejauh anak Anda tidak memperlihatkan tanda-tanda terganggunya pencernaan, misal mencret/diare.., jadi selama sehat-sehat saja Anda tidak usah terlalu khawatir..

  111. tipsbayi October 3, 2009 at 4:20 am #

    shania :

    Maaf agak telat.. , saran kami susui terus bayi Anda dengan ASI.., hindarkan dari keramaian berikan istirahat yang cukup, Anda juga bisa menggunakan sedotan ingus agar tidak mampet tetapi hati-hati dalam pemakaiannya jangan terlalu keras, apabila selama 3 hari tidak ada perkembangan sebaiknya Anda konsultasi dengan DSA.., semoga lekas sembuh.. :-)

  112. Fenny leo October 1, 2009 at 8:05 am #

    Anak prtamaq uda umur 5thn.
    Ukuran makan normal.
    Ttp 1hr BABnya lebih dr 1x.
    Apa itu normal?

  113. Fenny leo October 1, 2009 at 7:56 am #

    Babyq umur 10bln,akhir2 ini sering pilek n batuk.
    Kt DSA kmungkinn alergi. Sdngkan smua uda sy brsihkn.
    Didpn rmh sy ada pabrik krupuk,utk mnghindari debu yg trlalu bnyk,tiap pagi n sore halaman sy siram.
    Sy bingung apa yg hrus sy lakukan.
    Utk Ac kamar,apa boleh digunakn,suhu brp yg sbaikny dgunakan.
    Thanx

  114. shania September 28, 2009 at 4:20 am #

    anak saya baru 3 miinggu umurnya, sekarang dia pilek, malam gk bisa tidur karna hidungnya tersumbat. tolong kasih tau dong cara ngobatinnya.

  115. tipsbayi August 25, 2009 at 4:35 am #

    IIN :

    Kalau cuma menjilat air saat mandi sepertinya tidak terlalu berpengaruh walaupun begitu tetap jagan sampau kebiasaan dijilati terus.. :-) tidak baik untuk pencernaannya..

    Kemungkinan bila batuknya jarang hanya akibat tersedak atau menghirup debu peralatan tidurnya.., jangan terlalu khawatir.., jaga saja kebersihan kamar dari debu-debu.. ;-)

  116. justy August 22, 2009 at 11:33 pm #

    Anak sy berumur 12bln dia batuk dah hampir 2 minggu.tp belum sembuh juga.pdhl uda ke DSA.apalagi skr batuknya makin sering ditambah dengan muntah.apa muntah tersebut efek dari obat batuk atau krn tdk cocok pake susu…tlg ksh masukan.mksh…

  117. IIN August 22, 2009 at 6:37 pm #

    babyQ br berrumur 2bl 23 hr,,,skr dy batuk tp shr skitar 3-4x aja…
    apa ada hubungany batuk dengan air mentah,soalny pas aq mandikan sesekali dy menjilati air yg aq usapkan ke wajahny…

    mohon d bantu….makasih

  118. tipsbayi August 13, 2009 at 3:19 am #

    Shantu Bhiwani :

    Untuk kasus seperti ini sebaiknya Anda konsultasi dan periksakan bayi Anda pada DSA bayi Anda.. agar mendapat diagnosa dan dosis obat yang tepat, karena untuk memutuskan suatu dosis obat harus berdasarkan banyak pertimbangan dan alasan melalui beberapa pemeriksaan .. :-)

    Memang Baby’s Cough Syrup sangat efektif dan mujarab untuk menyembuhkan: batuk berdahak, batuk panas, batuk pilek, demam, dan influenza disebabkan perubahan hawa/musim atau alergi lain, tetapi sebaiknya hubungi DSA..

  119. Shantu Bhiwani August 12, 2009 at 3:38 am #

    Anak saya umur 4 bln baru beberapa hari batuk,disertai pilek ringan. Kalau bersin keluar cairan bening sedikit di hidung..batuknya juga jarang,tapi sekalinya batuk sampai mau muntah. Nafasnya tidak nggrok nggrok,dan batuknya terdengar kering tidak ada lendir. Apakah aman saya beri obat Baby Cough,dosis 1,2 sendok teh?….Dia tidak rewel,kalau malam pun juga jarang batuknya. Selain obat Baby Cough tadi,pengobatan apa yang aman untuk bayi saya?…Bayi saya masih minum ASI kalau sore hingga pagi,tapi kalu pagi sampai sore susu formula karena saya bekerja,dan ASI perah tidak mencukupi kebutuhan bayi saya….Terma kasih….

  120. tipsbayi August 1, 2009 at 4:31 am #

    fely :

    Tetapi sekarang baik-baik saja kan..? Mudah-mudahan tidak ada efek yang berarti..
    Banyak minum susu dan buah-buahan.. ;-)

    Saran kami jangan terlalu serampangan memberikan obat-obatan pada anak Anda..

  121. tipsbayi August 1, 2009 at 4:25 am #

    NANA :

    Cara mencegahnya :
    Hindarkan bayi Anda dari : cuaca dingin, AC juga bisa jadi pencetus asma apalagi kalo terlalu dingin dan jarang dibersihkan, debu rumah, asap, Kalo bersih2 dirumah pakai lap basah hal ini untuk menghindari debu rumah, bulu binatang dan bulu boneka.

    Semua yang menyimpan debu kalo bisa dihindarkan. Seperti, gorden, selimut yang lama belum dicuci, dll.. kalo lagi membersihkan ruangan jauhkan bayi Anda, dan baru boleh masuk setelah debu kira-kira sudah turun..

  122. fely July 30, 2009 at 3:37 pm #

    Anak saya 3 tahun, pilek, dan saya kasih Alco Drop. Di sana tertulis bahwa dosis nya seharusnya 0.8 ml utk 2-5 thn. Gak tau kenapa, seingat saya satu sendok teh (takaran khusus obat) itu ukurannya 0.5 ml. Karena buru2, saya kasih kan obat seukuran sendok tsb. Malah saya pikir obatnya masih kurang 0.3 ml. Setelah sore sewaktu saya mau kasih obatnya lagi, baru benar2 terbaca oleh saya bahwa satu sendok itu ukurannya 5 ml. Jadi obat yang pertama saya kasih benar2 over dosis (6 x nya). Saya benar2 stress dan takut. Hari itu saya tidak kasih obatnya lagi. Tapi apakah ada efek nya buat anak saya tsb? Anaknya jadi ngantuk sekali setelah dikasih obat itu, tapi sekarang sudah aktifitas normal kembali.

  123. NANA July 22, 2009 at 8:10 am #

    Anak saya berumur 8 bulan klo batuk pati bunyi krek-krek di dadanya
    saya bingung plus cemas karna klo sudah begitu pasti lama sembuhnya
    mengingat saya punya asma keturunan dari ortu saya.sy takut apakah itu asma
    juga…dan tiapsy priksakan ke dokter itu hanya lendir yg berlebih.gmn ya cara sy
    utk cegah agar tidak kambuh lagi.thanks banget

  124. tipsbayi July 22, 2009 at 4:20 am #

    Rully :

    Ya sepertinya biang keringat.., penyebab utamanya adalah tersumbatnya kelenjar keringat, sudahkah Anda membaca artikel terkait :

    http://www.tipsbayi.com/index.php/biang-keringat-bayi-penyebab-dan-cara-mengatasinya

  125. Rully July 21, 2009 at 6:39 am #

    mau tanya dong, klo pada pipi bayi timbul brutus-brutus seperti biang keringat, penyebabnya apa yah ? dan cara mengatasinya dan pencegahannya apa ? mohon pencerahannya, brutus-brutus ini hanya terjadi di pipi dan jidat (muka)

  126. Siska July 13, 2009 at 2:22 pm #

    Tx a lot utk tipsnya…Sy jg mulai berpikir kearah sana (mgk anak saya alergi) & tipsbayi semakin menguatkan dugaan saya…skali lg trima kasih ;)

  127. tipsbayi July 11, 2009 at 4:06 am #

    Siska :

    Mucopect mengandung ambroxol untuk mengatasi batuk berdahak dan paracetamol untuk menurunkan panas dan menghilangkan nyeri. Tentunya setiap obat mempunyai efek samping, apalagi jika diberikan secara terus menerus. Sebaiknya coba Anda konsultasikan dengan dokter yang lain apakah batuk pilek tersebut disebabkan oleh alergi atau bukan. Karena jika penyebabnya adalah alergi, maka harus ditangani dengan anti alergi atau bisa juga dengan penguat imunitas.

    Dosis dari dokter tentu dengan berbagai pertimbangan, misal umur, berat badan dan perjalanan kesehatannya.., ada baiknya Anda konsultasikan kembali dengan DSA mengingat bayi Anda lebih 10 hari belum sembuh juga..

    Semoga lekas sembuh.. :-)

  128. Siska July 10, 2009 at 7:47 pm #

    Anak saya 2th4bl dg berat 17,8kg sdh hampir 1bln batuk,kadang disertai pilek,stlh ke DSA diberi MUCOPECT sirop 15mg dg dosis 5ml 3xsehari (kata dokternya krn beratnya 17,8kg maka dosisnya ditambah & mnrtnya biasanya pemberian dosis obat oleh dokter lebih byk drpd di aturan pakainya – dosis anak saya adl dosis utk usia 6-12th).DSA jg mberikan RYVEL utk anti alerginya,krn mgk anak sy terkena alergi pdhal riwayat klarga kmi tdk ada yg alergi,jg tambahan vitamin Enervon-C sirop.DSA tdk mbrikan antibiotik.Apakah dosis MUCOPECT dr dokter tsb tdk berlebihan?Hal lain apa yg hrs sy lakukan spy anak sy cpt sembuh,krn sdh sy beri buah tiap hr terutama jeruk,tomat,strawberry?Krn gejala sakitnya spt batuk influenza,tdk dibarengi dengan suara seperti siulan/bersuit,berlangsung baik siang/mlm,tp mengapa sampai >10 hr?Sdh 3mg minum MUCOPECT&RYVEL,apkh aman?krn kata dkternya diminum 1thpun jg tdk masalah.Tks sblmnya

  129. tipsbayi July 6, 2009 at 3:39 am #

    bunda_roro :

    Perhitungan dosis dengan berat badan memang lebih akurat, dan kami sarankan sebaiknya Anda ikuti dosis dari resep dokter, tapi biasanya dosis Mucopect untuk anak kurang dari 1 tahun : 0,5 ml, sehari 2 kali.

  130. bunda_roro July 4, 2009 at 10:19 am #

    anakku yang ke-2 usianya baru 1bln 3 mgg saat ini, saat ini sedang batuk dan pilek rencananya aku mau beri mucopetc..
    kira2 harus seberapa banyak dosis yang diberikan ??

    terimakasih sebelum dan sesudahnya .. ^_^

  131. tipsbayi July 2, 2009 at 2:31 am #

    Yeni lastri :

    Memang benar sebaiknya Anda jangan serampangan memberikan obat-obatan kepada bayi Anda karena bisa jadi penyakit yang satu sembuh tapi efek obat bisa mengakibatkan penyakit lain, obat pada dasarnya adalah racun yang dikendalikan, jadi ya pasti sedikit banyaknya ada pengaruh pada tubuh apalagi tubuh bayi..

    Jadi dengan meningkatkan kekebalan tubuh dengan makanan yang kaya gizi dan vitamin jelas lebih aman, salah satunya pertahankan ASI karena dalam ASI terdapat imunitas buat bayi Anda, sekali lagi ASI.. :-)

  132. Yeni lastri July 1, 2009 at 11:58 pm #

    halo tips bayi minta tipsnya ya.
    kalau bayi atw anak sakit batuk berdahak dan flu biasa apa perlu langsung d kasi obat, saya pernah dengan d tv katanya batuk dan flu bisa sembuh dengan sndirinya. Kan ga bgus juga trlalu sering minum obt apa lagi antibiotik, padahal batuk dan flu itu penyakit yang paling sering menyerang anak dan bayi.

  133. tipsbayi June 26, 2009 at 4:00 am #

    yanti :

    Meskipun bukan penyakit menular, tapi asma bisa dicegah dan dikendalikan

    Berikut Tips Menghindari Penyebab Asma agar tidak sering kambuh :
    * Cokelat, kacang tanah, makanan yang mengandung vetsin atau MSG dan dingin
    * Mengonsumsi obat-obat pencegah asma secara rutin
    * Hindari asap rokok, asap dapur, dan debu di dalam rumah
    * Bersihkan karpet dan ruangan secara rutin agar terbebas dari debu
    * Khusus untuk penderita asma anak, agar memeriksakan diri secara rutin agar bisa dilakukan langkah-langkah pengobatan yang tepat.

    Tangani dengan telaten dan sabar Insya Allah bisa disembuhkan.. :-)

  134. tipsbayi June 26, 2009 at 3:43 am #

    awen :

    Untuk idealnya bayi umur 7 bulan, berat 8,0 kg, panjang 67,5 cm, tapi bila dilihat dari berat badan bayi Anda 6,2 kg panjang 60 cm termasuk seimbang.., karena panjang 60 cm berat idealnya adalah 5,7 kg.., hanya memang bayi Anda termasuk kecil..

    Untuk diagnosa batuk bayi Anda sebaiknya Anda konsultasi dengan DSA..

  135. tipsbayi June 24, 2009 at 4:04 am #

    Yunizar :

    Usahakan untuk tetap banyak minum. Beri air hangat, baik itu ASI, susu, jus buah, atau air putih. Perbanyak istirahat. Tetaplah untuk memberinya minuman dan makanan yang tak merangsang timbulnya batuk, seperti es, permen, atau makanan yang berlemak.

    Kami sarankan untuk konsultasi dengan DSA bayi Anda..

  136. tipsbayi June 24, 2009 at 2:54 am #

    trias :

    Aman.. asal hati-hati saja.., biar gak terlalu geli basahin sedikit cutton bud nya dengan air..

    Rudi Hardianto :

    Apakah Anda memberikan obat pada bayi Anda sesuai petunjuk dokter? kami sarankan agar Anda konsultasikan dengan DSA, untuk mengeluarkan dahak bayi Anda ada yang disebut terapi uap, anda bisa konsul dengan dokter.. ;-)

    dini :

    1. Benar, kami yakin diagnosa dokter beralasan..
    2. Rasa obat tidak dirasakan enak oleh Nadine, nangis adalah satu-satunya cara untuk mengungkapkan perasaan Nadine, bisa karena badan gak nyaman, lapar, haus, pahit, gerah dan perasaan lainnya..
    3. Terus saja imbangi dengan ASI karena ASI mengandung sistem kekebalan buat Nadine, sedangkan obat sebetulnya adalah racun yang di atur..
    4. Memang tidak masalah.., karena bayi mempunyai lemak yang khusus yang berfungsi untuk memberikan kehangatan lebih, kadang-kadang orang dewasa sudah merasa kedinginan tapi belum tentu dengan bayi ..
    5. Pertahankan ASI dan istirahat yang cukup..
    6. Orang dewasa pun bila sakit akan merasakan tidak nyaman.., begitu juga dengan Nadine, bayi memerlukan perhatian dan kehangatan dari sang ibu..

    Semoga lekas sembuh dan Nadine kembali lagi anteng… :-)

  137. Heni June 23, 2009 at 1:03 pm #

    Thanks bgt infonya

  138. yanti June 23, 2009 at 6:23 am #

    anak sy umur 3 thn, sejak bayi sdh sering batuk berdahak kt dokter sih ada asma-nya pdhl kl batuk selalu muntah lendir/ dahak, apakah bisa disembuhkan krn sering kambuh 6 bln sekali

  139. awen June 22, 2009 at 6:24 am #

    bayi saya umur 7 bln lebih, panjang 60 berat 62 apakah tidak seimbang???
    dan saat ini batuk seperti ada reak di dada kadang terdengar, apakah berbahaya?
    tolong beri jawaban thq

  140. Yunizar June 19, 2009 at 3:45 pm #

    Anak saya, Nazwa 19 bulan batuk, yg agak mengkhawatirkan saya adalah batuknya disertai dengan muntah terutama setelah minum susu, sementara anaknya tetap aktif dan tidak demam walau sedikit agak pilek, saya mohon pencerahannya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkna terima kasih

  141. dini June 16, 2009 at 11:37 am #

    Hallo tips bayi..
    Bayi saya, nadine, usia 2 bulan 6 hari.sejak 3 hari lalu nadine pilek n batuk.batuknya seprti batuk kering pada orang dewasa. Lalu saya pergi ke DSA, dia bilang pileknya itu krn dia baru diimunisasi, 4 hari sebelumnya nadine diimunisasi combo DPT, polio n Hib.katanya setelah imunisasi, selama seminggu daya tahan tubuh bayi menurun, jadi sebaiknya tidak dibawa keluar. Memang hari ke4 setelah imunisasi tsb, saya bawa dia ke ultah teman.mungkin krn banyak dicium oleh orang lain, dia terkena virus–kita kan tidak tau siapa yang sehat atau tidak. Lalu saya dirujuk u melakukan nebulazer (uap) dengan obat Combivent. Setelah itu u di rumah, diberi obat Disudrin Drop u flu dan Isoprinosine untuk membunuh virus. Yang saya ingin tanyakan:
    1. Apa betul diagnosa DSA tersebut?
    2. Mengapa setelah minum obat, Nadine menjadi lebih rewel dan kerap menangis kencang sekali??
    3. Setelah 2 hari minum obat, flunya memang berkurang. Tapi batuknya masih. Saya tanya DSA katanya itu cara bayi u membuat dirinya nyaman, dan tidak apa2. Tapi saya kasihan sekali, krn dia seperti menahan sakit.
    4. Kamar saya memakai AC, semenjak dari nadine lahir dengan suhu 25-26. Apakah tidak masalah?? Krn mnrut DSA itu tidak menjadi masalah. Selama bayi nyaman. Pipi dan kakinya tidak dingin
    5. Apa yang harus saya lakukan sebagai perawatan dan pencegahan flu di kemudian hari?
    6. Selama sakit, nadine tidak tidur nyenyak, setelah digendong, ketika ditaruh di tempat tidur, dia langsung melek, dan menangis. Apa itu wajar?? Karena Nadine anak yang anteng.
    Untuk informasi nadine minum ASI.
    Ditunggu jawabannya..terima kasih crew Tips bayi..

  142. rudi hardianto June 12, 2009 at 4:42 am #

    dear tips bayi…

    bayi saya berumur 8 bulan BB nya 10 kg, 2 minggu yang lalu sering bersin, pilek keluar cairan bening dari hidungnya, saya tidak memberikan tindakan apa – apa, setelah 1 minggu kemudian masih pilek saya berikan obat ALCO 0,3 c, namun masih belum juga berkurang pileknya. setelah 3 hari minum Alco saya berikan antibiotik selama 2 hari sampai sekarang, tetapi nafasnya sekarang terlihat berat ngorok dan disertai batuk, solusi yang tepat untuk anak saya gimana ya ?

    tips” nya bermanfaat, trimakasih …..

  143. trias May 29, 2009 at 3:05 am #

    Bayi saya umur 2.5bln setelah bersin2 trus ada kotoran di kedua hidungnya yg menghalangiapabila dia bernafas, coba aku lihat ternyata kotorannya agak dalam. Bagaimana cara mengeluarkan kotoran tersebut yg aman buat bayi saya? dengan cutton bat apa aman ? mksh sebelumnya.

    Artikel2nya sangat bermanfaat lho…

  144. tipsbayi May 27, 2009 at 1:54 am #

    Heri Budianto memberi saran untuk Bu Tia,

    Saran saya, hindari penggunaan obat2an kimiawi, beralihlah ke yang alami, yang jelas-jelas tanpa efek samping.

    Jika bayi batuk, panas & flu atau terkena salah satu diantara 3 tersebut, berilah rebusan cengkeh. 1 biji cengkeh direbus dengan 1 gelas air beberapa menit, setelah dingin berikan sedikit demi sedikit.

    Ilham, dulu kalo sakit saya kasih obat2an kimia tapi akibatnya dia seperti kena asma, nafasnya bunyi. Ga tega dengan kondisi ini, akhirnya saya sharing dengan teman2 & diberi resep cengkeh ini. Alhamdulillah sekarang nafasnya ga bunyi lagi. Pokoknya begitu badannya anget / gejala batuk udh muali keliatan, jangan tunggu lama2 lagi lgsg saya kasih air rebusan cengkeh.

    demikian, semoga bermanfaat….

  145. tipsbayi May 25, 2009 at 4:35 am #

    bundaNa chalisa :

    Untuk diagnosa yang tepat sebaiknya Anda konsultasi dengan DSA, Anda tanyakan dengan rinci tentang batuk bayi Anda..!, batuk bayi Anda bisa saja dikarenakan lendir yang masih menempel mungkin kurang bersih waktu nyedot cairan ketika baru lahir.

    Yang terpenting perbanyak ASI, banyak istirahat, tidak perlu panik..

  146. tipsbayi May 25, 2009 at 3:54 am #

    bu tia :

    Memang ada pendapat bayi sebelum 1 th jangan dulu diberi madu tapi ada juga yang berpendapat bahwa bayi 6 bl sudah boleh dikasih madu..

    Madu memang bisa bermanfaat karena madu punya daya antiseptik. “Kandungan vitamin C-nya yang tinggi pun bisa sebagai anti oksidan, anti radang, dan juga perdarahan. Jadi, tak masalah jika anak panas diberikan madu sepanjang panasnya ringan.” Namun jika panasnya berat, “tentu harus dengan obat penurun panas dan sebaiknya dilakukan pemeriksaan dokter.

    Yang jelas, madu amat berkhasiat dan secara kimia tak ada bahaya maupun dampaknya. Hanya memang, ada bayi atau balita yang peka dengan madu, dalam arti tak cocok hingga berdampak seperti diare, kembung atau kolik setelah minum madu. “Bila terjadi hal seperti itu, sebaiknya dihentikan pemberiannya dan lain kali dicoba lagi,” Kendati sebetulnya amat jarang ditemui kasus demikian.

    Tapi meski khasiatnya amat tinggi, jangan pernah berikan madu asli (belum refined dan purified yang dapat mengandung spora clostridium botulinum) pada si kecil tapi berikanlah madu yang sudah dimurnikan.

    Obat tradisional untuk batuk Anda juga bisa berikan madu, bisa dicampur air minumnya.

  147. bundaNa chalisa May 23, 2009 at 7:31 pm #

    Putri pertama ku chalisa msh brumur 33hari dy mengalami batuk berdahak sudah 2minggu. Sudah 2x sya bwa k dokter, d dokter prtma chalisa di beri parasetamol untuk demamnya lalu puyer untuk btuk pileknya. Chalisa hnya mnum 2x sja krna sya kurang stju jka bayi bnyk mnum obt kimia. Karena chalisa mnum ASI Akhrnya sya bntu mnum jamu sduhan tradisional tp blum ada prubhan akhrnya sya bwa lg k dokter dng meminta obatnya biar sya sja yg mnum tp tetap sja blum jg smbuh. Sya sudah mnum obat OBH combi plus dan parutan kencur btuk chalisa blum jg reda. Sya mengalami baby blues jd sya tdk tega melihatnya batuk bsa membuat sluruh tbuhnya memerah dan susah nafas ketika tidur napasnya pun disertai bunyi nggrok…nggrok… Andai sja sakitnya bsa di gantikan biar sja sya yg mengalami. Kira” apa penyebabnya batuknya, sya mengindikasikan si chalisa mengalami batuk bronchilitis. tp stelah sya baca bhwa parasetamol dpt mengakibatkan asma apa mungkin chalisa batuk asma? Apa aman jika sya memberinya mucopect untuk menghilangkan dahaknya? Berapa tetes dosisnya? Atau sya harus therapy uap? Amankah untuk bayi berumur 33 hari? Mohon penjelasannya. Terima kasih

  148. bu tia May 23, 2009 at 4:30 am #

    trims bnyk ats infonya. saya mo tanya, untuk batuk misalnya batuk setelah flu yang berdahak, baik ga di kasih madu pada bayi 6 bln? klo menurut anda obat tradisional yang baik utk mengobatinya ap ? ditunggu jwbannya, trims sebelumnya. wslm.

  149. tipsbayi May 23, 2009 at 4:00 am #

    bu tia :

    Jika anak Anda demam atau panas, usahakan langsung dikompres aja, jangan serampangan kasih obat, pantau suhu badannya dengan thermometer. Jika memang suhunya tinggi lebih baik hubungi dokter anak Anda, ada baiknya Anda kunjungi link berikut :

    http://www.tipsbayi.com/index.php/memberikan-paracetamol-pada-bayi-bisa-mengakibatkan-asma

  150. bu tia May 22, 2009 at 7:44 am #

    trims byk ats infonya. ank saya yashila (7 bln) batuknya setelah filek, jika diberi parasitamol boleh g!? soalnya sebelumnya yashila demam n bersin2……
    haaaaaaaaarap di jawab ya……………….. Trims bnyakkkkkkkkkkkkkk. Wslm

  151. tipsbayi May 9, 2009 at 3:51 am #

    m. zainudin:

    Wa’alaikumsalaam wr. wb.

    Kalau obat batuk jangan dicampur ASI atau susu formula. Pemberiannya pun jangan berdekatan dengan pemberian ASI/susu formula.

    Hemm… sebenarnya kebanyakan batuk tidak memerlukan antibiotik ya? Antibiotik adalah untuk mematikan infeksi bakteri, bukan untuk virus…

    Untuk menambah wawasan, kami sarankan Anda membaca:

    http://www.sehatgroup.web.id/artikel/210.asp?FNM=210

  152. m.zainudin May 8, 2009 at 2:49 pm #

    assalamualikum wr.wb
    sekarang anak kmi terserang batuk yang gejalanya sama seperti :Bronchiliotis,.kami udah periksakan k Dr. Sp Anak alhamdulilah dikasih resep dengan anti biotik serta pengencer dahak…obatnya diminum tiga kali sehari..sekarang kami lagi bingung….kapan obatnya diminum apakah sesudah atau sebelum minum ASI atau Susu Formula?Boleh ga obatnya dicampur ama Susu Formula?

  153. tipsbayi May 7, 2009 at 12:16 am #

    >> ummu musa:

    Wa’alaikumsalam.

    Kondisi Anda dinamakan hiperlaktasi. Pada dasarnya tidak membahayakan bayi Anda sih, tapi bisa lumayan menyulitkan buat si kecil :)

    Untuk mengatasinya:

    - Tepat sebelum menyusui, Anda bisa mengeluarkan ASI Anda terlebih dulu sedikit, agar tidak terlalu deras ketika awal menyusui.

    - Cobalah lebih sering menyusui si kecil.

    - Coba menyusui dengan posisi agak terlentang dan bayi Anda ditengkurapkan ke atas tubuh Anda.

    Semoga berhasil :)

  154. Ms.Lucky May 6, 2009 at 4:17 pm #

    Hai Ely, bayiku jg batuk mpe muntah, Alhamdulillah kl memang u/ mengeluarkan dahak tp kl dpt info lain tlg d publish ya, tqu..

  155. ummu musa May 6, 2009 at 7:02 am #

    Assalamu’alaikum
    Saya mau tanya nih, anak saya yang berumur 5bulan kalau lagi menyusui suka batuk. Tidak tau dia tersedak atau apa, yang jelas sering sekali dia batuk. Memang air susu saya lumayan deras,mungkin dia kewalahan meminumnya. Tapi apakah ini tidak apa-apa? Terima kasih

  156. tipsbayi April 28, 2009 at 6:40 am #

    eka:

    Wah… kemungkinan besar memang itu penyebabnya. Jangankan bayi, orang dewasa saja pasti tidak akan kuat.

    Mudah-mudahan bisa segera diatasi ya…

  157. eka mega April 27, 2009 at 8:39 am #

    trima kasih sekali untuk tipsbayi.com tips2 yang diberikan menambah pengetahuan saya tentang dunia bayi..tentang batuk kebetulan bayi saya ghaisan berusia 6 bulan kalau dia menangis sering disertai batuk2 yang saya takutkan dia terkena asma karena sejak usia nya 4 bulan lebih dia terkena batuk2 alhmd.sih saat ini sudah jarang batuknya tapi kalau dia menangis lama pasti batuk,di depan rumah saya memasak masih menggunakan kayu bakar dan asap nya sampai masuk kerumah apakah itu yang menyebabkan batuk anak saya tidak cepat hilang,
    Tolong tanggapannya ya..

    Trima kasih atas jawabannya nanti..

  158. tipsbayi April 23, 2009 at 12:05 am #

    ely:

    Kalau sudah 3 hari, sebaiknya Anda bawa ke dokter. Paling tidak nantinya akan terdiagnosa dengan betul apa penyebab sakitnya. Memang tidak baik kalau sedikit-sedikit si kecil sudah dicekoki obat kimia, tap nanti setelah jelas penyakitnya Anda kan tidak harus memberikan obat kimia kepada si kecil…

    Yang penting adalah mengetahui dulu sebab penyakitnya.

  159. ely April 22, 2009 at 8:07 am #

    Aku stress… anakku (4 bln 3 mgu) batuk sudah 3 hari, dan terkadang batuknya disertai muntah. saya sudah memberinya mucopect. tapi tetap tidak ada perubahan. bahaya atau tidak yah. saya sudah konsultasi by phone dengan dokter saya. katanya itu adalah dahaknya yg keluar. tapi kenapa banyak sekali muntahnya. saya bingung. haruskah saya ke dokter? sebenarnya saya tidak mau sedikit2 tapi sudah ke dokter.
    sebisa mungkin saya rawat dengan cara tradisional. kasian anak sekecil itu sudah minum obat.

  160. tipsbayi April 22, 2009 at 4:22 am #

    rhelyta:

    Wah… terima kasih ya atas infonya.

    Sejauh pengetahuan kami, penggunaan bahan alami seperti ini insya Allah tidak akan menimbulkan efek samping apa-apa…

  161. rhelyta indah dewi April 21, 2009 at 1:05 am #

    rhe punya seorang adik dari usia asik rhe masih bayi .. mama menggunakan perasan air dari daun katuk dan hasilnya diluar dugaan adik rhe sembuh ..

    padahal mama sudah pernah mengobati dengan obat dokter namun hasilna adik rhe belum dembuh juga

    hingga saat ini usianya sudah 16th adik rhe selalu menggunakan obat alternatif tsb jika batuk .. apakah ini aman untuk jangka waktu yg panjang …?

  162. Rina March 14, 2009 at 3:45 pm #

    anakku 9,5 bulan, sedang tumbuh gigi. saat ini makannya lagi nge drop banget, flu,kadang-kadang batuk. thank;s infonya

  163. tipsbayi March 11, 2009 at 6:04 am #

    Ma2 Cherryl:
    Terapi uap seusia cherryl boleh saja, yang terpenting perbanyak ASI, banyak istirahat, tidak perlu panik..bila memang ada gejala-gejala serius cepat konsultasikan dengan dokter anak Anda..

  164. ma2 Cherryl March 11, 2009 at 2:31 am #

    anaku cherryl ( 4 bln ) dah 2 hari batuk pilek, alhamdulillah bgt skrng pileknya dah berkurang. Tinggal batuknya aja nich. Aku panik bgt, kasihan klo lg tidur suka terbangun karena nafasnya aga’ susah. aku mau tanya apa boleh bayi seusia cherryl di uap?? berbahaya ga yah ??

  165. suryani February 24, 2009 at 6:25 am #

    tanxs banget ya… udah kasih kita info tentang batuk karena anak saya juga lg batuk
    usianya 5 bln dah lama batuknya sampe saat ini masih ada walaupun tinggal sedikit berkat adanya info ini sangat membantu saya dlm menjaga kesehatan buah hati saya tanxs ya……..

  166. tipsbayi January 31, 2009 at 4:26 am #

    Rina:
    Biasanya di bidan ada alat penyedot lendir yang cukup aman.., Anda bisa bawa anak Anda ke bidan, kondisi seperti ini normal-normal saja tetapi Anda harus telaten dan waspada terhadap lendir yang mengganggu pernafasan anak kita.

  167. rina January 31, 2009 at 3:51 am #

    plizzz dong bayi ku 2 bln,tp lendirnya bnyak sx,udah dr dokter tp ktanya tidak apa2.skarang dia ingusan tp ingusnya yang kental jd susah napas,kalo tidur kdang terbangun gara2 keselek ama lendirnya..trus sring usap2 idungny kalo nangis

  168. Bunda Ilham January 29, 2009 at 10:55 am #

    terima kasih buat infox. Sangat2 bermanfaat….dan memang saat ini saya perlu info seperti diatas krn ilham-ku lagi batuk

    Tengkyu bangeeeeeeeet.

  169. tipsbayi January 24, 2009 at 4:45 am #

    Angel:
    Batuk anak Anda kemungkinan dikarenakan lendir yang masih menempel mungkin kurang bersih waktu nyedot cairan ketika baru lahir, karenanya dokter memberikan mucopect yaitu untuk membantu menghilangkan lendir.., dokter pun tidak memberikan diagnosa lain kan? mudah-mudahan si kecil cepat sembuh.. :-)

  170. Angel January 23, 2009 at 6:01 pm #

    Thx bangeeeetttt, infonya bermanfaat n ngebantu banget aku jd punya pandangan batuk apa yang diderita anakku, anakku baru 7 minggu n udh batuk2 sktr 3-4 mingguan, udh k dokter n dikasih obat mcm2 tp buat batuknya Mucopect,tiapari diminumin kcuali dia lg bobo n kelupaan tp belum sembuh2 jg smp skg.Apa memang bayi LAMA SEMBUHNYA kalo sakit?? Obatnya belum habis krn sekali minum cuma 4 tetes, apa mungkin setelah obatnya habis baru sembuh yaa?!

    Thanks a lot :)

  171. tipsbayi January 22, 2009 at 4:24 am #

    Adin:
    Hendaknya anak Anda di bawa ke dokter spesialis Anak mohon maaf jangan ke bidan.., mungkin dokter anak Anda akan memberikan diagnosa yang lengkap tentang penyakit batuk anak Anda, semoga lekas sembuh.

    None:
    Sudahkah anak Anda di bawa ke dokter?, Ada yang namanya renitis Alergi, penyakit ini mempunyai gejala sbb: serangan bersin berulangkali, lebih dari lima kali dalam satu serangan, keluar cairan hidung encer dan banyak, hidung tersumbat; hidung dan mata gatal kadang disertai keluar air mata. Serangan ini dapat dipicu oleh adanya faktor luar baik kontak dengan alergen maupun mekanik seperti menangis, selainitu pada anak-anak hal ini juga sering disertai oleh gangguan alergi lain seperti gatal-gatal atau gangguan pencernaan.
    Sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak Anda.., semoga lekas sembuh..

  172. mama pasha January 22, 2009 at 4:16 am #

    alhamdulillah sekali artikel ini dikeluarkan,,

    yang mana anak kedua saya lagi mengalami batuk, jadi nya saya tau yang mana batuk yang berbahaya dan mana batuk yang tidak berbahaya!!!

    Thanks

  173. none January 20, 2009 at 2:03 am #

    pas anak ke-2 saya baru lahir dan menangis, langsung batuk-batuk kering seperti batuknya orang tua. Sampai sekarangpun, setelah usianya 3bln lebih, kejadian “menangis diakhiri batuk” masih saja terjadi. tapi dalam keadaan normal ataupun sakit, anak saya gak pernah batuk. Kira-kira termasuk betuk jenis apa ya…

  174. adin January 19, 2009 at 4:46 am #

    anak saya batuk dari umur 2 bln sampai skrng udh 7 bln blm smbuh juga, sy sdh bawa ke bidan dan di kasih obat sm bidannya tapi g mau smbuh jg, mohon pencerahannya dong……!!!! batuknya kering setelah batuk dia mengeluarkan suara melengking gt……

  175. bagiyo January 12, 2009 at 7:40 am #

    Artikel ini dr tipsbayi.com sangat bermanfaat khususnya bagi saya yg baru mendapatkan putri kedua ” Alimira Adelia Noviaswari ” …

  176. yevi January 9, 2009 at 6:01 pm #

    thank’s berat atas tips2 yang sangat berguna bagi anak2 sebab sangat membantu sekali bagi ibu2 muda yang kadang teramat panik jika putranya sakit….slam kenal….yevi

  177. mas lis January 8, 2009 at 6:40 pm #

    setelah baca2 smua artikel2 dari tips bayi, …..he3 ak jd pingin cepat punya momongan nih! Ya Allah smoga nnti ak diberikan keluarga yg “SAKINAH MAWADAH WARRAHMAH” AMINNN & smoga temen2 di tips bayi juga diberikan hikmah yg sama juga… :)
    salam Mas lis

  178. Neni Supriani January 3, 2009 at 10:06 am #

    Saya sangat setuju dg komentar yg di berikan oleh Ibu Dewi fitrawati tentang buah-buahan bagus di konsumsi.Dan di dlm komentarnya tsb beliau mendapatkan tips madu bermanfaat utk mengobati batuk.
    Yang ingin Saya tanyakan disini adalah :
    1. Apa betul madu bermanfaat utk mengobati batuk ?
    2. Madu bermanfaat utk bayi berusia berapa ? (krn dlm komentar tsb juga ada yg
    memberikan pendapat bhw madu tdk blh di berikan pd bayi di bwh 1 thn).
    3. Jika benar pendapat tsb, Apa alasan /akibatnya madu tdk blh di berikan pada
    bayi di bawah 1 tahun ?
    4. Apakah madu blh di minum oleh Ibu hamil berusia 4 bln sedangkan Ibu tsb
    megidap penyakit Darah tinggi (Hypertensi) ?
    Thanks atas semua tips-tips yg telah di berikan kpd Saya, Karena Saya sangat membutuhkan jawaban tsb.

  179. tipsbayi January 3, 2009 at 3:32 am #

    dewi fitrawati;
    Memang betul buah-buahan bagus dikonsumsi, ada tips untuk mengobati batuk yaitu dengan madu, bahkan menurut para ahli dari inggris madu ini lebih baik ketimbang dextromethorphan. Ada pendapat juga sebaiknya madu tidak diberikan pada bayi di bawah 1 tahun.

  180. dewi fitrawati January 3, 2009 at 2:45 am #

    Pas banget hari ini aku baca artikel ttg batuk ini krn anakku (1,5 th) mulai kmrn batuk dan malam td sampai terganggu tidurnya krn bolak-balik diganggu oleh batuknya. Menurut tips bayi obat apa yg pas diberikan saat anak batuk. Setelah saya baca artikelnya anak saya influenza (batuk, pilek, dan bersin). Buah-buahan jg sangt membantu ya? Saat ini ank sy saya beri obat batuk dr apotik, belum lg k dokter. Batuk model begini sdh bbrp kali datang, biasa dibw kedokter umum saja dan sembuh. Terima kasih bangt ya…tips dr tips bayi tentunya sangat membantu.

  181. indri dw. January 3, 2009 at 2:01 am #

    Alhamdullilah, artikel ini muncul pada saat saya membutuhkan, saya jadi tahu jenis batuk/flu yang dialami baby saya .

    Thanks ya tips bayi, kutunggu tips-tips lainnya…. see you

  182. Ibrahim January 2, 2009 at 5:01 pm #

    Anak saya mengalami hal yg sama persis dgn artikel diatas, artikel tsb sangat membantu kami, thanks

  183. utami dewi January 2, 2009 at 2:59 pm #

    thanks banget ya,infonya berguna banget u/kita orang tua muda

  184. by-U January 2, 2009 at 7:35 am #

    thx banget atas artikelnya. menurut saya batuk influenza sebenarnya gampang banget diobati. istirahat, banyak makan makanan bergizi serta tidak mengkonsumsi segala sesuatu pencetus batuk serta berikan vitamin utk anak qt. sedangkan utk batuk asma, sy punya pengalaman pribadi. waktu kecil dari TK smp SD aku dan adikku pernah terkena asma,kalo uda kambuh ortu pasti pusing. qt tinggal di kota industri yg byk banget polusinya.akhirnya tiap hari aku ama adikku harus suntik di PKM, smp pantat ini bengkak rasanya. selain itu yng sangat membantu adalah olahraga. waktu itu renang ama basket dan ternyata hasilnya sangat memuaskan semenjak masuk SMP ga pernah kambuh lagi.

  185. tipsbayi January 2, 2009 at 4:15 am #

    honey;
    Memang seperti itulah kondisi di negara kita. Sepertinya kita sebagai pasien tidak diberikan informasi yang CUKUP. Semuanya serba rahasia… Jika pasien meminta penjelasan secara rinci, seringkali dianggap cerewet dan tidak perlu tahu. Kalau untuk sampai menuntut, kayaknya susah deh… :-(

  186. tipsbayi January 2, 2009 at 4:01 am #

    prabowo;
    Untuk diagnosa tentu yang lebih tepat kepada dokter spesialis

    parsya;
    Untuk penggunaan antibiotik hendaknya Anda ikuti petunjuk dari dokter Anda. Penggunaan obat untuk mengobati penyakit kita perlu hati-hati. Terlebih apabila obat tersebut termasuk antibiotika, pada prinsipnya hindarilah pemakaian antibiotik yang serampangan, konsumsi dengan resep dokter. Penggunaan antibiotik yang terlalu berlebihan atau terlalu sering akan merugikan, karena bakteri baik yang ada di dalam usus juga akan ikut terbunuh, padahal bakteri baik dalam usus sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan mikroorganisma usus, menghasilkan vitamin dan meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi penggunaan antibiotik yang tidak sesuai aturan akan menyebabkan daya tahan tubuh menurun (anak jadi mudah sakit), bakteri menjadi resisten dan tentunya biaya pengobatan membengkak.

  187. Anonymous January 1, 2009 at 9:09 pm #

    ok ok’s banget….sangat bermanfaat nih
    kami tunggu sambunganya

  188. Achmad December 31, 2008 at 9:58 am #

    Thx bangeetttsss Tips Bayi.com
    Alhamdulillah pada tgl 20 des 2008 ini putri 1st kami telah lahir secara normal dan dlm keaadaan yang tidak kurang suatu apapun. Ibu & bayi kami dalam keadaan sehat.
    Semua inf. yg telah di berikan akan sangat berguna sekali guna memberikan yang terbaik bagi putri kami.
    Mudah – mudahan akan selalu ada info.yang terbaru & lebih bermanfaat lagi kedepannya. Amin
    Sekali lagi thx bangetttttttttttssssssss.

  189. eko ermawan prasetyo December 31, 2008 at 5:50 am #

    kebetulan saya baru punya anak yang lahir 3 bulan lalu. smua info yang di berikan sangat bermanfaat buat saya dan istri saya. terima kasih banyak.

  190. parsya December 31, 2008 at 5:47 am #

    bagaimana kalau bayi 2 thn di beri antibiotik ringan selama 5 hari..? Apakah dapat membantu menghilangkan batuk, dan cairan di tenggorokannya..?

  191. honey December 31, 2008 at 4:25 am #

    Saya pernah baca artikel klo sebenarnya obat2 batuk di pasaran itu gak berguna buat atasin batuk (klo gak salah mereka melakukan penelitian). Berita ini bener gak? klo batuk dikasi obat apa dunk? Klo ke dokter juga kadang gak sepenuhnya percaya abis dokter sekarang kebanyakan dokter resep doank…

  192. Doddy December 31, 2008 at 2:23 am #

    thx’zbgt sangat bermanfaat sekali…

  193. usmayati December 30, 2008 at 11:23 pm #

    tips tentang batuk ini sangat bermanfaat banget buat ibu-ibu yang punya batita or balita, kebetulan anak saya sering kena influenza. tanks yach….

  194. prabowo December 30, 2008 at 11:51 am #

    dear”
    untuk kalimat terakhir “periksa ke dokter” insyaAlloh pasti saya lakukan. Bahkan saya ke dokter dulu baru setelah itu baca artikel. tapi masalahnya dokter suka kePEDEan. dan langsung kasi obat. terkesan “beli obat lebih penting daripada kesembuhan”.

    1.Tolong untuk diagnosa yang tepat kita harus kemana?
    2. Obat tetes hidung ? saya belum pernah tahui

    thks

Trackbacks/Pingbacks

  1. Penyakit Bayi:Bayi Batuk? Banyak Penyebabnya... | - January 6, 2009

    [...] Berikut lanjutan artikel tentang penyebab batuk pada bayi… [...]

Leave a Reply