Baby Walker: Perlu Nggak Sih?

Banyak orang tua yang “merasa terbantu” dengan adanya baby walker. Sebagian besar membelikan produk ini untuk bayinya agar lebih cepat bisa berjalan. Sebagian lagi membelinya dengan alasan kepraktisan – daripada pusing mengawasi si bayi merangkak dan merayap ke sana kemari… lebih baik gunakan baby walker.

Betulkah pendapat-pendapat ini?

Amankah Baby Walker?

Hampir semua ahli menyatakan bahwa baby walker TIDAK AMAN.

Banyak sekali kasus yang terjadi di berbagai belahan dunia, dimana bayi terjatuh ketika menggunakan baby walker. Ada yang terjatuh karena rodanya menggilas mainan lain lalu terbalik, ada yang terjatuh meluncur ke bawah tangga, ada yang masuk ke dalam kolam dan sebagainya.

Anda pun harus waspada lho, karena ketika bayi Anda diletakkan di baby walker, dia jadi bisa pergi ke tempat-tempat yang justru tidak aman bagi keselamatannya dan bisa menjangkau benda-benda berbahaya.

Efektifkah Baby Walker dalam Membantu Bayi Bisa Berjalan Lebih Cepat?

Seperti yang Anda ketahui, ketika bayi diletakkan di baby walker, maka biasanya kakinya akan agak menggantung dan hanya sedikit menyentuh lantai. Ini dikarenakan si bayi akan lebih memilih untuk banyak duduk ketimbang berdiri.

Otot-otot yang digunakan oleh bayi ketika ia berkeliling menggunakan baby walker TIDAK SAMA dengan otot-otot yang digunakannya untuk berjalan secara normal.

Dengan kata lain, berbagai kemampuan bergerak yang dibutuhkan ketika bayi berjalan menggunakan baby walker, sebenarnya tidak akan bermanfaat baginya untuk berjalan secara normal – tanpa baby walker!

Bahkan, jika Anda menggunakan baby walker untuk bayi Anda, maka ia justru akan sulit untuk meningkatkan kemampuan menjaga keseimbangan tubuhnya. Ketika ia bergerak menggunakan baby walker, maka ia akan selalu memiliki tumpuan, sedangkan untuk bisa berjalan dengan normal, bayi Anda harus belajar untuk melangkah tanpa bertumpu kepada benda apapun.

Sehingga, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan baby walker justru akan mengurangi motivasi bayi untuk bisa berjalan sendiri. Ia akan menjadi malas untuk belajar berjalan, karena sudah terbiasa menggunakan baby walker

Adakah Alternatif Lain?

Sebagai alternatif baby walker, Anda bisa menggunakan exersaucer (mirip dengan baby walker, tapi tidak menggunakan roda), atau kursi tinggi untuk bayi.

Bahkan cara sederhana seperti memberikan kursi plastik kecil untuk didorong-dorong oleh bayi Anda yang sedang belajar berjalan terbukti lebih banyak manfaatnya lho!

Kesimpulannya?

Buat apa mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak bermanfaat bagi perkembangan bayi Anda…

Cari Informasi Tambahan untuk Exersaucer dan Kursi Tinggi Bayi

Jika Anda ingin mencari informasi lebih lanjut mengenai exersaucer dan kursi tinggi bayi, Anda bisa menggunakan kotak pencari di bawah ini.

Ketikkan saja “exersaucer” atau “high chair” dalam kotak di bawah (tanpa tanda kutip ya…)


.

.

Artikel yang berhubungan:

  1. Bayi Baru Lahir: Kuat Panas Nggak Sih?
  2. Shaken Baby Syndrome (SBS): Waspadalah!
  3. Bayi 10 Bulan: Beberapa Hal Penting
  4. 11 Tips Mengatasi Baby Blues Syndrome

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

, , ,

57 Responses to Baby Walker: Perlu Nggak Sih?

  1. estin March 1, 2013 at 9:36 am #

    Anak tetangga saya leher terkilir karena jatuh dr baby walker usia 9bln. Alhamdulillah ada tukang pijat bayi..udah nenek2 tua banget. Jd sembuh. Ponakan saya jg pernah terjatuh dr baby walker nangis..
    Meski begitu suami sy pengen belikan bw.. :( katanya anak temennya 8bln bs jalan krn usia 5bln pakai bw. Tp sy ga percaya ma temannya..

    • tips-bayi March 6, 2013 at 3:35 am #

      estin,

      Hmm.. :-)
      Kalaupun Bunda jadi beli.. hati-hati saja Bun.. tetaplah awasi terus buah hatinya.. ;-)

  2. arsyad:) January 12, 2012 at 6:35 am #

    dear tips..
    kalo BW bgitu banyak negatifx, gmana dengan moonwalk? ada g dampak (-) ? arsyad skg umur 8 bln, meski blm bisa duduk sendiri, tp dy senang berdiri (dibantu) n kakix jg da ‘napak’, qra- qra da boleh blm pake moonwalk? thx b4

    • tips-bayi January 14, 2012 at 3:11 am #

      @ arsyad:)

      MOONWALK bagus untuk perkembangan bayi Anda, lebih banyak direkomendasikan dari pada baby walker..

      Arsyad berusia 8 bulan.. Sudah boleh kok.. Karena Moonwalk cocok untuk bayi usia antara 6 bulan sampai 14 bulan, dengan berat maksimum 15Kg. Sesuaikan ukuran dengan kondisi bayi..

      Jika Arsyad sudah bisa berdiri atau belajar berdiri maka untuk latihan jalannya, ada tips sederhana.. Ajarkan bayi Anda berjalan dengan mendorong kursi plastik kecil atau galon air mineral besar.. Dengan begini maka bayi Anda akan lebih termotifasi untuk cepat belajar jalan.. Akan tetapi HARUS selalu Anda dampingi.. ;-)

  3. Anonymous November 11, 2011 at 2:32 pm #

    wow ngeri jga tuch kmrn baby ku bru mo dibliin ma tantenya tuch dah mnta mthnya ja ah

    • tips-bayi December 5, 2011 at 3:30 am #

      @ Anonymous,

      Hmm… :-) betul bu.. mendingan mentahnya saja..

  4. Leon April 8, 2011 at 3:15 pm #

    Ngawur… ngga ada hubungan signifikan antara BW dgn kecelakaan bayi. Dengan atau tanpa BW, kecelakaan bayi lebih disebabkan kelalaian ortu. Kelainan pada kaki bayi karena menggunakan BW…? Itu juga ngawur. Bayi lambat berjalan itu karena ortu malas melatih. Di saat tertentu kami masih menggunakan BW untuk meringankan pekerjaan dan memudahkan pengawasan terhadap bayi kami, dengan catatan tetap memperhatikan aspek keamanan dan melatih bayi berjalan secara alami. Saya malah berpendapat bahwa BW dapat membangkaitkan motivasi bayi untuk berjalan, selanjutnya tindakan orang tua untuk melatih berjalan secara alami, bukannya membiarkan bayi jadi terlena di atas BW.

  5. nuri bundany jagad January 14, 2011 at 12:04 pm #

    tips,jagad dh 9,5bln brt 11,5kg.bdnny kenceng jg pnjang jd g ndut bgt mski brt segitu.aplg anakny bnyk gerak.dh pntr ngoceh,gi2ny dh 6.tp blm bs jln.br bs bngkt dr duduk untk brdri brpgngn.gmn y stimulasi biar bs cpt jln y tips,dititah ato moonwalk?

  6. dewi October 29, 2010 at 7:17 am #

    bayi saya tgl 2 nov’10 berusia 7 bln,sudah bolehkan bayi saya menggunakan moonwalk

    • tipsbayi November 2, 2010 at 2:51 am #

      @ dewi,

      Bayi Anda berusia 7 bulan.. Sudah boleh kok.. Karena Moonwalk cocok untuk bayi usia antara 6 bulan sampai 14 bulan, dengan berat maksimum 15Kg. Sesuaikan ukuran dengan kondisi bayi.. ;-)

  7. tipsbayi July 8, 2010 at 4:27 am #

    Priska rachmawati:

    Usia 5 sampai 7 bulan bayi sudah bisa belajar duduk sendiri. Perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda meskipun kakak beradik.. karena perkembangan bayi bersifat individual..

    Melatih duduk sendiri, Anda bisa mencobanya dengan BERTAHAP, menyandarkan dengan kemiringan yang cukup, lalu menopangnya dan untuk seterusnya Anda bisa sedikit demi sedikit melepaskan pegangan Anda sampai bayi Anda bisa duduk tegak..

    Apabila sudah bisa duduk.. Ada beberapa cara untuk melatihnya merangkak, salah satunya Anda bisa merangsangnya dengan memberikan mainan yang menarik di depan bayi Anda, berikan motifasi untuk meraihnya, hingga bayi Anda tertarik untuk bergerak kedepan. Anda bisa sambil membantu menopang badannya sebelum bayi Anda bisa sendiri.. ;-)

  8. Priska rachmawati July 5, 2010 at 12:44 pm #

    umumnya anak bisa du2k tegak usia brp bln yaaa???gmn cara melatihnya?bgmn jg cara mlth anak u mrangkak?

  9. tipsbayi July 2, 2010 at 5:48 am #

    anita:

    Anda benar.. Selain kita harus selektif dalam memilih barang-barang untuk bayi, kita juga harus selalu memberikan pengawasan kepada bayi kita. Terima kasih atas masukannya.. ;-)

  10. anita June 29, 2010 at 6:42 am #

    Menurut saya semua barang keperluan bayi itu berbahaya bila kita tidak mengawasinya..
    - baby box berbahaya.. keponakan saya jatuh dari baby box kayunya diusia yang belum setahun tangannya patah.
    -.Kepala anak saya kepentok2 besi baby box sejak dia sudah bisa membalik badannya untuk tengkurap
    - mainan bayi, bila gak hati2… mainannya bisa kepentok ke muka nya bahkan kecolok ke matanya.
    - dot bayi saja bs melukai bibir si bayi..
    Jadi apakah semua barang tsb musti tidak perlu dipakai?
    menurut saya…. semua tergantung pengawasan dari kita… anak gak perlu pk baby walker jg bs jatuh dr tangga kl gak diawasi…

  11. asti May 16, 2010 at 1:20 pm #

    kayaknya emang benar, anak pertama saya pakai bw dan baru bisa berjalan usia 15 bulan, makanya adiknya tidak tak pakaiin bw

  12. tipsbayi April 27, 2010 at 3:05 am #

    mamadejan:

    Terima kasih atas sharingnya.. memang benar peran orang tua sangatlah menentukan. Perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda, banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya keturunan dan cara rangsangan orang sekitar.. ;-)

    Semoga semua bisa mengambil pelajaran dari pengalaman Anda..

  13. mamadejan April 24, 2010 at 6:14 pm #

    saya malah mengandalkan BW lah makanya anak saya cepat berjalan…..
    soal dampak negatifnya jkan setiap benda apa saja ada dampak buruknya…..
    Alhamdulillah anak saya lancar2 aja tuh pake BW…..
    malahan saya banyak mendapat manfaatnya dan anak saya lbh mandiri……
    kecelakaan terjadi akibat ortunya yang lalai… bisa jadi… tanpa mengawasi anak y sdng berada di BW….. maaf…kalo pendapat dan kenyataan y saya alami berbeda…..

  14. tipsbayi April 22, 2010 at 7:03 am #

    giovanna:

    Sepertinya Anda jangan terlalu mengandalkan baby walker, baby walker justru membuat bayi Anda malas untuk berjalan.. Kalau nanti bayi Anda sudah bisa berdiri atau belajar berdiri maka untuk latihan jalannya, ada tips sederhana.. Ajarkan bayi Anda berjalan dengan mendorong kursi plastik kecil atau galon air mineral besar.. Dengan begini maka bayi Anda akan lebih termotifasi untuk cepat belajar jalan.. Akan tetapi HARUS selalu Anda dampingi.. ;-)

    MOONWALK bagus untuk perkembangan bayi Anda, lebih banyak direkomendasikan dari pada baby walker..

  15. giovanna April 20, 2010 at 1:18 am #

    JADI BAGUSNYA PAKE BABY WALKER UMUR BEAPA BULAN YAH?BAGUS USIA 7 BUALANAN?SUPAYA DIA JADI BISA CEPAT JALAN SENDIRI. THANKS

  16. Hendro April 14, 2010 at 6:39 am #

    Baby walker membuat bayi lambat jalan, sebentar-bentar jatuh karena dia terbiasa menubruk sesuatu tanpa harus mengimbangi badannya…

  17. tipsbayi February 22, 2010 at 4:36 am #

    eka:

    Bagus sekali bayi Anda senang mendorong-dorong kursi palstik.. Teruskan saja.. Karena dengan begitu akan lebih banyak otot yang terlatih dibandingkan belajar dengan baby walker.. ;-)

  18. eka February 17, 2010 at 4:16 pm #

    anak saya umur 8 bulan.kalo pake BW aktif banget,kadang mengkhawatirkan karena suka ambil barang2 yg bisa diraihnya…kadang suka pake kursi plastik didorong-dorong sambil melangkah….kalo pake kursi dia kayaknya lebih hati2 dan belajar menyeimbangkan tubuhnya…mulai takut jatuh mungkin..he..he…tapi ya memang harus sabar meganginya…kalo BW kan tinggal mengawasi…

  19. Imelda January 6, 2010 at 5:03 am #

    alhamdulillah dapet info ini sebelum membeli baby walker…
    Sy pikir juga membeli Baby Walker hanya menghambur uang saja karena pemakaiannya pun tidak lama, tapi neneknya Raffi yg meminta…
    setelah baca artikel ini sy jadi bisa menjelaskan bahwa tidak perlu membeli baby walker…

  20. tipsbayi November 12, 2009 at 4:06 am #

    Elin:

    Salam kenal kembali. Terima kasih atas informasinya..
    Sukses selalu juga untuk Anda :-)

  21. Elin November 12, 2009 at 4:02 am #

    Salam kenal… saya ibu 2 anak yg tdk pernah menggunakan bantuan baby walker untuk anak2 saya… Alhamdulillah saya pernah mendengar info serupa ini sebelumya.. dan saya makin percaya bahwa baby walker mmg tdk diperlukan, terbukti anak2 saya bisa berjalan tanpa baby walker (saat usia 14 bln & 10 bln). Saya hanya menggunakan cara “titah” seperti bu Anita, & dibantu dgn mainan yg bisa dipegang + didorong-dorong saat bayi berdiri.. sehingga merangsang bayi berjalan… mungkin alat ini bisa jadi tambahan alternatif utk melengkapi info di atas… mudah2an bermanfaat… trimakasih, sukses utk tips bayi..:)

  22. tipsbayi November 6, 2009 at 3:27 am #

    Anita :

    Bayi yang lucu dan pintar.. ;-)

  23. Anita November 5, 2009 at 5:42 am #

    Anak saya Alhamdulillah dah bisa berlari2 kecil pada usia 13 bulan. Dia mulai berjalan 3-5 langkah saat usia 10 bln, lancar jalan usia 12 bln. Itu juga bukan karena baby walker, tapi pake metode jalan dengan tangannya dipegangin dari atas (istilah jawanya “titah”). Meski berkorban sakit punggung dikit, gpp yang penting motoriknya berkembang cepat. Kalo Saya dah capek, biasanya dia jalan sendiri sambil miring2 pegangan ma tembok, atau kalo ndak dia dorong2 meja kecil.. apalagi sambil ngoceh2 sendiri …. Jadi lucu n gemes ngeliat tingkah lakunya :)

  24. tipsbayi November 3, 2009 at 3:14 am #

    Winasih R. Zein :

    Sepertinya bayi Anda tidak lama lagi akan bisa berjalan lancar.. :-)

  25. tipsbayi November 3, 2009 at 3:11 am #

    resna :

    Pertanyaan yang mana ya..? :-)

  26. Winasih R. Zein November 2, 2009 at 4:32 am #

    Anak pertama saya, perempuan (sekarang 3,5 taun) menggunakan baby walker sejak umur 9 bulan dan pada ulang tahun pertamanya dia sudah bisa berjalan 3-5 langkah. Memang penggunaannya tdk terus menerus tp diselingi juga dengan mendorong sendiri kursi dorongnya.
    Anak kedua saya, laki-laki (sekarang 11 bln) jg menggunakan baby walker dan sekarang sudah dpt berdiri tanpa pegangan selama 5 detik, mudah2an sebentar lg sudah bs melangkah tanpa bantuan…
    Baby walker yang aman bentuknya persegi empat bukan lingkaran. Baiknya digunakan setelah anak bisa duduk tegak dan berdiri.

  27. resna September 29, 2009 at 3:24 am #

    dear tips bayi…

    tolong dibalas ya pertanyaan saya

  28. tipsbayi September 14, 2009 at 3:37 am #

    Trias :

    oh..ya.., :-)

    Kegunaan high chair utamanya sih memang untuk membiasakan anak makan dengan mandiri sambil duduk di meja makan bareng-bareng kita dan untuk memudahkan menyuapi, namun yang penting diingat juga, apakah bayi Anda sudah dapat duduk tegak dengan benar maksudnya sudah bisa menopang dengan sempurna oleh tulang dan tubuhnya. Kalau belum bisa, ya sebaiknya ditunda dulu sih ya.. ;-)

  29. Trias September 14, 2009 at 1:30 am #

    Tips, keselip lagi ya…?

  30. Trias August 29, 2009 at 12:45 pm #

    Mohon dijelaskan Tips, seberapa besar kegunaan kursi makan bayi / high chair buat perkembangan bayi? mengingat umurnya brg tsb kan jg ga lama ?
    Sebelum saya putuskan untuk membeli… Tq

  31. tipsbayi June 29, 2009 at 3:41 am #

    yogi :

    Betul.. ;-)

    feri Kristianto :

    Untuk informasi sufor ya…, Anda bisa buka artikel berikut..

    http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

    semoga bermanfaat..

  32. feri Kristianto June 27, 2009 at 3:34 pm #

    dalam memilih susu formula tambahan ASI apa saja yang menjadi pertimbangan untuk kami selaku ayah & bunda
    kalau bisa di jelaskan apa mamfaat dan kelebiahan buat perkembangan bayi.
    terima kasih

  33. yogi June 27, 2009 at 7:57 am #

    gak efektif dan efisien saya kira,,,ngamburin uang aja…

  34. ayu June 19, 2009 at 8:25 am #

    setuju bangeet… baby walker gak bikin bayi cepet bisa jalan… 2 anak saya bisa jalan justru karena mendorong-dorong kursi plastik… so belilah kursi plastik… bukan baby walker… but… saya tetep pake baby walker buat anak ketiga… warisan dari adik saya… itu buat selingan kalo dia udah mulai bosan merangkak2…. hehehe… coz kalo dia ada di dalam situ kita mesti ekstra hati2… so be careful if your baby in his baby walker…

  35. marjanu June 18, 2009 at 1:59 pm #

    Terlepas pro konta pakai baby walker atau tidak. Lebih baik biarkan secara alamiah anak belajar berdiri dan berjalan.

  36. marjanu June 18, 2009 at 1:55 pm #

    Lebih baik emang alami saja Jadi biarkan anak belajar berdiri dan belajar dgn seminimal mungkin pertolongan.

  37. kurnia akmal June 10, 2009 at 9:15 pm #

    terima kasih atas infonya, dimana sat ini saya selalu berpendapat untuk belajar jalan bayi menggunakan baby waker, ternyata salah tapi tidakkah mubajir kalau sudah terlanjur beli?

  38. vita June 9, 2009 at 6:00 pm #

    untung belum beli trims banget ni… atas penjelasan penggunaan baby walker…. soale anakku sekarang lagi senang berdiri dan mau merambat padahal usianya baru mau 7 bulan

  39. vita June 9, 2009 at 5:58 pm #

    untung beli trims banget ni… atas penjelasan penggunaan baby walker…. soale anakku sekarang udah mulai senang berdiri dan mau merambat padahal usianya baru mau 7 bln.

  40. ilmul June 9, 2009 at 1:37 pm #

    kalau disimak penelitian yang ada memang ada benarnya pendapat tentang penggunaan baby walker ini….tapi menurut saya…penggunaan baby walker sepanjang dalam pengawasan kita..sah-sah saja…yang berbahaya itu meletakkan bayi di baby walker atau pun dengan kursi kecil tanpa pengawasn kita akan tetap berbahaya bagi bayi…oleh sebab itu jangan pernah meninggalkan bayi tanpa ada pengawasan

  41. tipsbayi June 9, 2009 at 3:20 am #

    YUDI :

    Kemampuan dan perkembangan setiap bayi berbeda-beda, tapi memang biasanya bayi mulai belajar berjalan di usia 12 sampai 18 bulan, tapi ada juga yang diusia 8 bulan bayi sudah bisa berjalan.

  42. tipsbayi June 9, 2009 at 3:12 am #

    Novi :

    Meskipun tidak ada tangga tetap berhati-hati saja.. :-) , Bayi yang sedang berada dalam baby walker nya bisa tertimpa benda akibat dorongan baby walker, bahkan baby walker bisa membuat bayi Anda dengan mudah meluncur mendekati kompor, kolam atau api.

  43. tipsbayi June 9, 2009 at 3:09 am #

    boyke, janet :

    Kalau sudah terlanjur dibeli dimanfaatkan saja, tapi jangan terlalu diandalkan dan harus ekstra hati-hati.. :-)

    Kursi plastik kecil untuk didorong-dorong oleh bayi Anda yang sedang belajar berjalan terbukti lebih banyak manfaatnya, untuk bisa berjalan dengan normal, bayi Anda harus belajar untuk melangkah tanpa bertumpu kepada benda apapun..

    chaidir :

    Berikut beberapa fakta yang berhasil di ungkapkan The American Academy of Pediatrics (AAP) tentang bahaya penggunaan baby walker bagi anak anda:

    Hampir 15.000 kecelakaan yang terjadi pada bayi setiap tahunnya, disebabkan oleh penggunaan baby walker sebagai alat bantu berdiri. Bahkan, lebih dari 35 bayi meninggal sejak tahun 1973 akibat kecelakaan yang disebabkan oleh pemakaian baby walker.

    Bayi yang sedang berada dalam baby walker nya bisa tertimpa benda akibat dorongan baby walker, bahkan baby walker bisa membuat bayi Anda dengan mudah meluncur mendekati kompor, kolam atau api. Kecelakaan baby walker yang paling sering terjadi adalah meluncurnya baby walker dari tangga rumah, yang membuat bayi terguling jatuh dengan posisi kepala dibawah.

    Adanya pagar pada tangga bahkan tidak menjamin si kecil terhindar dari kecelakaan akibat baby walker jatuh dari tangga, bahkan dengan adanya pengawasan dari orang dewasa sekalipun.

  44. rasya June 9, 2009 at 1:41 am #

    memang lebih banyak sisi negative daripada positifnya. Dan yang lebih memperparah keadaan adalah sikap egois orang tua atau baby sister. Karena jika bayi sudah berada didalam baby walker akan dianggap aman dan orang tua atau baby sister bisa mengerjakan pekerjaan yang lain.
    sebenarnya jika ingin meninggalkan bayi didalam baby wakler cobalah untuk :
    1. mengikat salah satu kaki baby walker dengan kaki meja atau kursi dan dengan jarak jangkau aman.
    2. Jauhkan peralatan atau barang-barang yang mudah dijangkau oleh bayi ketika menggunakan baby walker.
    3. Kebiasaaan saya adalah, meninggalkan bayi didalam baby walker di ruang khusus bermain anak.
    4. Jika usia bayi belum waktunya berdiri, tinggikan dudukan baby walker dan posisi kaki bayi tidak menginjak lantai. dan juga menghindari pergerakan kaki bayi untuk berjalan bebas.
    5.Jika belum membeli baby walker, anda bisa menggunakan exersaucer (mirip dengan baby walker, tapi tidak menggunakan roda), atau kursi tinggi untuk bayi.

    Jaga buah hati anda dan berikan kasih sayang sepenuhnya untuk dia bukan kasih sayang dari baby sister.

  45. jeri June 8, 2009 at 2:33 pm #

    untuk membantu bayi dapat berdiri atau berjalan secara mandiri bisa juga menggunakan alat yang berputar seperti orang memutar penggiling tahu, tapi alat ini terbuat dari kayu dan bambu secara sederhana, dibuat seperti bentuk huruf L terbalik. Bambu dimasukkan ke kayu yang ditancapkan di tanah, sadangkan pada bagian ujung dipasang kayu untuk pegangan bayi.

  46. ika June 8, 2009 at 9:17 am #

    yup,saya dan suami termasuk orang yg g setuju ama pemakaian babywalker.Alhmdulillah,2 putra kami bisa melalui tahap belajar berjalan tanpa bantuan babywalker.mereka belajar berdiri dan berjalan dengan pegangan pada tembok/kursi.

  47. ocha June 8, 2009 at 8:43 am #

    Awalnya saya juga merasa ga perlu ya…tapi orang tua malah mnghadiahkan si kecil baby walker.Dan pas anak saya pakai, ketinggiannya saya paskan biar kakinya menyentuh lantai…ternyata dia malah smangat untuk bisa berdiri, dan mengayuhkn kakinya (walaupun mmg bukan berjalan). Tapi sekarang (usiany br msk 10 bln), dia slalu minta ditetah (belajar jln), penggunaan baby walker mulai saya kurangi, agar anak bisa belajar jalan secara alami…

  48. YUDI June 8, 2009 at 7:25 am #

    Tx b4….info ttg baby walkernya, anak sy skr berusia 13 bln untuk melatih jalan sy pakaikan kursi plastik tuk di dorong2… dan semangat bgt klo dah di kasih kursi itu loch, btw mo tanya nich umumnya anak usi brp sich bisa jalan….

  49. novi June 8, 2009 at 6:53 am #

    kalo baca tips bayi ttg baby walker ada benarnya, tp pengalaman orang-orang justru pake baby walker 11 bln sdh bisa jalan tanpa bertumpu, mulai pake walkernya umur 7 bln, biar kaki baby gak gantung kan bisa diatur tingginya sampai kaki baby menyentuh lantai tanpa jinjit, benda-benda bahaya diamankan,dirmh saya ga ada tangga, gmn tuh…????

  50. chaidir June 8, 2009 at 6:49 am #

    masa sich….?
    baby wolker yang selama ini dinilai dapat membantu tapi malah membahayakan..??
    ulasan diatas bisa di buktikan dengan pembuktian yang real ngak ?

  51. Mama Susi June 8, 2009 at 6:25 am #

    Terima kasih ilmunya. Berguna banget.
    Saya setuju bahwa BW tuh nggak banget buat bayi. Berdasarkan pengalaman dua anak laki-laki saya sendiri.
    Baby walker hanya membuat anak berjalan jinjit & endingnya lebih lama berjalan. Seperti sulung saya Destin.
    Untuk si bungsu Binbin, 5 hari sebelum ultah (10 juni ini) dia sudah bisa berjalan sendiri. Karena tidak mengenal baby walker, butuh extra tenaga dari orang tua untuk mengajari anak berjalan. Hehe ….

  52. janet June 8, 2009 at 4:21 am #

    duh seram juga ya ternyata bby wolker itu dan malah ga ada manfaatnya padahal kemaren baru aja neneknya beliin benda itu untuk cu2nya… gimana nic…

  53. boyke June 8, 2009 at 4:05 am #

    walah…. ternyata anggapan bayi bisa belajar jalan lebih cepat dengan baby walker salah ya. saya udah terlanjur beli tuh. anak saya baru enam bulan. baru mulai merangkak. jadi fungsi baby walker baru sebatas supaya ga susah ngasih makan dan biar aman waktu ditinggalin sendirian. karena baby walker yang saya beli rodanya bisa diberdirikan jadi ga bisa bergerak.
    kursi plastik itu maksudnya lebih bermanfaat gimana??

Leave a Reply