Alpukat untuk Bayi

alpukat untuk bayiRentang usia bayi untuk pemberian alpukat: 6-8 bulan

Manfaat Alpukat

Alpukat dapat menjadi alternatif yang sangat baik lho, sebagai MPASI pertama yang Anda perkenalkan kepada bayi Anda. Kenapa demikian? Selain memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, teksturnya yang lembut juga membuatnya mudah untuk dicerna oleh buah hati Anda…

Bahkan kita sering mendengar bahwa alpukat juga diberi gelar sebagai salah satu hasil bumi yang paling sempurna, karena ia mengandung segala nutrisi yang diperlukan tubuh kita untuk bisa bertahan hidup.

Makanya, daripada memberikan si kecil sereal instan, coba Anda pertimbangkan untuk memberikan alpukat kepadanya sebagai “lemak baik” yang bermanfaat untuk perkembangan otak dan fisik bayi Anda!

Menurut pakar nutrisi, alpukat bebas Sodium dan Kolesterol, serta mengandung banyak nutrisi bermanfaat, termasuk 8% dari jumlah Folat per hari yang dianjurkan untuk dikonsumsi; 4% serat dan potasium; 4% vitamin E dan 2% zat besi. Satu buah alpukat mengandung sekitar 81 mikrogram Carotenoid Lutein, 19 mikrogram Beta-Caroten dan juga 3,5 gram Lemak Tak Jenuh yang dikenal berperan dalam pembentukan sistem saraf pusat dan otak.

Kandungan Nutrisi dalam Alpukat

Vitamin (dalam 1 gelas pure):

  • Vitamin A – 338 IU
  • Vitamin C – 20.2 mg
  • Vitamin B1 (thiamine) – .2 mg
  • Vitamin B2 (riboflavin) – .3 mg
  • Niacin – 3.9 mg
  • Folate – 205 mg
  • Pantothenic Acid – 3.3 mg
  • Vitamin B6 – .6 mg

Terdapat pula vitamin lainnya dalm jumlah yang kecil.

Mineral (1 buah berukuran sedang):

  • Potassium – 1166 mg
  • Phosphorus – 124 mg
  • Magnesium – 67 mg
  • Calcium – 30 mg
  • Sodium – 18 mg
  • Iron – 1.4 mg

Juga mengandung sejumlah kecil selenium, mangan, zat zinc dan tembaga.

Kapan Anda Dapat Mulai Memperkenalkan Alpukat kepada Bayi Anda?

Alpukat dapat mulai Anda perkenalkan kepada si kecil sejak usia 6 bulan, karena teksturnya yang lembut dan seperti krim jika dilumatkan. Selain jenis MPASI lain, Anda bisa memberikan variasi alpukat yang dilumatkan, dicampur dengan buah pir, pisang, bahkan yoghurt sebagai makanan selingan.

Walaupun sebagian orang takut memberikan alpukat kepada bayinya, karena khawatir akan kandungan lemaknya, namun percayalah – bayi Anda juga tidak seharusnya menerima asupan “rendah lemak”…

Bagaimana dengan Kandungan Lemak dalam Alpukat?

Alpukat memang memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi, sehingga sebagian orang menyuruh kita untuk menghindarinya. Tahukah Anda, buah alpukat yang berukuran sedang mengandung kira-kira 322 kalori dan 30 gram lemak! 1 gelas pure alpukat mengandung sekitar 700 kalori, karena biasanya diperlukan 2 buah alpukat.

Jadi, manfaat alpukat jauuuh lebih besar dibandingkan “resiko”nya. Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh mono yang dikenal dapat membantu menurunkan kolesterol jahat serta membenatu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, ditinjau dari segi kandungan seratnya, alpukat sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi resiko kanker dan serangan jantung.

Bagaimana Cara Memilih Buah Alpukat?

Ketika membeli buah alpukat, pastikan Anda memilih yang kulitnya berwarna hijau tua dengan permukaan yang tidak rata. Buah yang bagus juga biasanya agak kenyal ketika ditekan. Ketika alpukat dibelah dua, maka warna daging yang baik biasanya hijau dan berubah menjadi seperti kuning mentega semakin ke arah bijinya.

Cara Terbaik untuk Mengolah Alpukat sebagai MPASI

Cara terbaik untuk mengolah alpukat adalah dengan tanpa dimasak terlebih dulu. Anda tinggal mengeruk daging buahnya hingga menjadi potongan-potongan kecil. Jika Anda ingin menyimpannya dalam freezer, maka sebaiknya dismpan dalam keadaan potongan seperti itu. Baru ketika akan diberikan kepada bayi Anda, alpukatnya dilumatkan. Dengan begini, dia tidak akan mudah berubah warnanya menjadi coklat.

Oya, untuk melumatkan alpukat, Anda tidak perlu menggunakan blender ya, cukup dengan garpu saja dan ia akan mudah hancur kok (kecuali jika Anda ingin membuat pure atau krim)!

Contoh Resep Sederhana

Pure Alpukat-Pisang (mulai usia 6 bulan)

Kerok daging 1-2 buah alpukat, lumatkan dengan garpu. Kupas 1 buah pisang dan lumatkan dengan garpu. Untuk membuat pure yang berbentuk krim, Anda bisa menggunakan blender atau food processor sehingga kehalusan teksturnya sesuai dengan yang Anda inginkan. Tidak perlu dimasak.

Salad Buah (usia 6-8 bulan)

3-4 buah alpukat matang
3-4 buah pisang matang
3-4 buah pir (yang sudah dikukus)
2 sendok yogurt (untuk usia > 8 bulan)

Pastikan kulit buah sudah Anda kupas semua, potong-potong kecil dan masukkan ke dalam blender atau food processor, kemudian haluskan. Jika bayi Anda berusia lebih dari 8 bulan, tambahkan sekitar 2 sendok yogurt jika Anda mau.

Jika bayi Anda sudah bisa memegang makanan sendiri, maka cara lain untuk membuat salad buah ini adalah dengan memotong-motong setiap jenis buah dengan ukuran dadu, kemudian tuangkan yogurt ke atasnya dan biarkan bayi Anda memakannya sendiri sebagai makanan tambahan.

Krim Alpukat Mangga (usia 8-10 bulan)

1 cangkir mangga yang sudah dipotong-potong
1 buah alpukat, potong-potong sebesar dadu
Yogurt rasa vanilla/murni atau air atau Jus apel/pir*

*Jika bayi Anda tidak mengkonsumsi yogurt dan atau Anda tidak ingin memakai jus, Anda tinggal mengupas, memotong dan melumatkan buah mangga dengan sedikit air sehingga mencapai kekentalan yang cocok untuk si kecil.

Lumatkan alpukat dan mangga hingga halus. Tambahkan yogurt atau air atau jus. Kocoklah dengan menggunakan alat pengocok telur secara manual, hingga bentuknya seperti krim.

Jika bayi Anda sudah bisa memegang makanan sendiri, Anda juga bisa menyajikannya dalam bentuk potongan dadu atau seukuran yang bisa dipegang oleh si kecil.

Jika Anda ingin berekspresi sendiri dengan alpukat dan membuat variasi menu lainnya, berikut beberapa bahan makanan yang cocok untuk digunakan:

  1. Pisang
  2. Pir
  3. Apel
  4. Ayam
  5. Yogurt

Selamat mencoba!

Artikel yang berhubungan:

  1. Pemberian Keju untuk Bayi: Boleh Tidak?
  2. Vitamin dan Mineral untuk Bayi

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

225 Responses to Alpukat untuk Bayi

  1. Imay Damayani July 8, 2014 at 3:31 am #

    Bunda semua nya mohob masukan nya …
    knpa ya anak saya skrng umur nya memasuki 7 bulan tapi ko susah bnget buat tdur mlem nya sering bnget bnguun smbil tengkurap2 gt sekalipun mata dlm keadaan merem.
    Hrusnya kn tdurnya udah nyenyak y bundaa ???
    Asupan makanan jg dlm posri yg pas , asupan buat saat ini msih puree kentang . Apakah kkentang baik jika d berikan tiap hari ???

    Mohon jwaban nyaa yaa bunda2 ..

    • tips-bayi July 23, 2014 at 8:00 am #

      Imay Damayani,

      Susah tidur malam..? Kalau memang demikian, kurangilah rangsangan bermain pada jam-jam waktu tudurnya, mulailah membuat pola tidur, Bunda buat suasana yang tenang jika sudah memasuki jawal tidurnya, redupkan lampu ruangan, bentuk jadwal dengan membiasakan bayi Bunda dibawa ke dalam suasana tenang setiap jadwal tidur yang diharapkan.. bentuk kebiasaan pada bayi Bunda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya , disusui atau ditenangkan dengan bisikan, itu akan membentuk pola tidur bayi Bunda yang bagus.. :)

      Kentang..? Bagus Bun.. Kentang mengandung serat yang cukup tinggi, sejajar dengan roti gandum, sereal, dan pasta.
      Namun, bagaimana caranya agar kandungan gizinya tetap terjaga selama pengolahan?
      . Usahakan untuk tetap menjaga kandungan gizi yang terdapat dalam kentang ketika pengolahannya. Caranya, dengan merebus kentang secara keseluruhan. Mengapa? Dengan memotong kentang terlebih dahulu sebelum di rebus akan menghilangkan kandungan potassiumnya sebanyak 50 persen. Padahal potassium dapat membantu tubuh Anda mengatur tingkat tekanan darah dan jantung, sama halnya terhadap fungsi saraf dan otot.
      . Memang, merebus kentang secara keseluruhan memakan waktu sedikit lebih lama. Tapi hasilnya, Anda tidak hanya mendapatkan potassium lebih banyak, tetapi juga beberapa mineral penting lainnya, seperti magnesium, mangan, fosfor, besi, dan zinc. Selain dengan merebusnya, cara lain agar kandungan potassium tetap terjaga antara lain dengan dipanggang, bakar, atau dimasak dengan microwave seluruh kentang.
      . Simpan dan letakkan kentang di tempat yang sejuk dan gelap.
      . Bila menemukan lapisan kehijauan pada kentang, buang saat mengupas.
      . Jangan merendam kentang dalam air rebusannya. Buanglah air rebusan setelah dimasak.
      . Hindari Kentang Hijau. Kentang yang dipanen terlalu dini atau terlalu banyak mendapat sinar matahari, kulitnya berwarna kehijauan. Warna hijau berasal dari solanin, yaitu sejenis senyawa alkaloid yang bersifat racun. Bila kentang kehijauan ini dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan sakit perut, buang-buang air, dan sakit kepala.

  2. sukma March 28, 2014 at 8:30 am #

    Dear tips..

    Anak saya perempuan 8m15d dg bb 9 kg dan pb 70 cm.
    Meulai makan usia 6 bulan dan saat ini masih asi. Belum tumbuh gigi dan merangkak.Awalnya tidak ada masalah dengan nafsu makan anak saya. Tapi 2 minggu yg lalu Runi terkena batuk pilek yg langsung membuat napsu makannya turun drastis. Sampai sekarang bapilnya sudah sembuhpun tetap saja napsu makannya blm kembali seperti semula.

    Segala cara sudah dilakukan mulai dari menu mpasi yg bervariasi, suasana makan yg riang, makan disaat lapar.. Tapi tetp saja Runi keukeuh GTM (gerakan tutup mulut).
    Bagaimana caranya agar meningkatkan napsu makannya yah? Bolehkah diberi sari kurma?

    • tips-bayi April 7, 2014 at 4:31 am #

      sukma,

      BB dan TB Runi bagus dan ideal, tumbuh sehat. Untuk menambah nafsu makan bayi, Anda bisa mencoba memberikan air rebusan kacang hijau..
      Diberi sari kurma boleh.. ;)

  3. yunna December 16, 2013 at 4:02 am #

    slam kenal untk tips bayi.

    anak saya umur 16 bulan berat badan 8 kg. kata dokter anak saya kekurangan gizi krn kurang berat bdan
    dianjurkan untuk memberikan vitamin. untuk pola makan normal. setelah sya beri vitamin mlah makannya tidak banyak spt yg dlu.
    supaya tidak kekurangan gizi saya harus bagaimana ya…

    • tips-bayi December 31, 2013 at 3:18 am #

      yunna,

      Salam kenal kembali..

      Berikan makanan bervariasi, lengkap dengan buah dan terjadwal. Ajak makan bersama dengan kita agar lebih tersuasana dan lebih berhasrat untuk makan banyak.
      Atur menu makan. Perbandingan protein, karbohidrat dan vitamin lainnya harus bagus dan seimbang.

      Belum tentu kekurangan gizi. Kecil atau kurus bisa saja turunan.. ;)

  4. ida asiyati October 10, 2013 at 4:27 am #

    bagaimana mengatasi masalah anak saya. umurnya 17 bulan beratnya 8,3 kg. susah sekali makan dan minum susu formulanya. hanya mau minum ASI dan air putih kadang teh manis. saran yang terbaik bagaimana bu..

    • tips-bayi October 16, 2013 at 2:18 am #

      ida asiyati,

      Coba Bunda berikan menu-menu alternatif dengan porsi-porsi kecil, berikan dengan variatif dan bagus Bunda masih terus pertahankan pemberian ASI.. Sebaiknya jangan banyak memberikan teh manis karena akan sedikit terganggu selera makannya..

      Selain memberikan menu yang variatif .. Untuk mengatasi bayi Bunda yang susah makan atau kurang nafsu makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Bunda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Bunda yang paling dekat dengan anak Bunda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Bunda, penting bagi orang tua untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Bunda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Bunda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Bunda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Bunda atau orang yang biasa menyuapi anak Bunda..

      * Pintar-pintarlah Bunda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Bunda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Bunda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Bunda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Bunda akan berterima kasih suatu hari nanti !

      • Anonymous October 23, 2013 at 9:15 am #

        Bayi ku tidak ada masalah dengan seleramakan, setiap makanan yg kita berikan selalu di lahap habis.,.. jadi tidak repot2 membujuk untuk makan…. krn ibu nya juga doyan makan sih hehehe..

        • tips-bayi October 24, 2013 at 12:29 am #

          Anonymous

          Alhamdulillah Bun…anaknya tidak susah makan…;-)

  5. Anny Akmakla June 26, 2013 at 5:44 am #

    mohon infonya… anak saya laki2 berumur 10 bulan, di asi cuma 2 minggu, sampai sekarang pakai susu formula.Anak saya gak mau makan buah2an termasuk pisang, padahal saya sudah mencoba berbagai hal seperti di lumatkan, di jus. saya coba buah lain juga tidak mau, langsung dimuntahkan. Bagaimana caranya supaya mau makan buah2an ? dan anak saya pun gak mau dikasih makan bubur nasi yg sudah saya campurkan dengan ayam yg sudah di rebus dahulu dengan sayur2an.. saya bingung anak saya kurus walaupun tinggi…. Satu lagi, anak saya belum bisa duduk sendiri padahal saya suka dudukin di pangkuan sama diganjal bantal, dan belum merangkak menggunakan telapak tangan, hanya merangkak pakai tumit tangan dan lutut ( seperti tentara sedang tempur )… bagaimana caranya supaya duduk sendiri ?? terimakasih…

    • tips-bayi July 1, 2013 at 7:59 am #

      Anny Akmakla,

      Susah makan buah ya..? Bayi Bunda sudah bisa memegang sendiri dan mengunyah bisa mulai diperkenalkan ‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil dan sayuran rebus..

      Seperti tentara ya.. ;-)
      Terlihat anaknya NORMAL Bun.. hanya saja memang agak terlambat perkembangan kemampuannya, Bunda jangan khawatir karena setiap anak akan berbeda waktu dalam perkembangan kemampuannya.. Berikan saja terus motifasi untuk senantiasa berlatih tapi jangan ada paksaan..

  6. Dian June 24, 2013 at 10:25 am #

    Nice info…
    Putri saya sdh 10hr ini MPASI dengan menu bergantian antara kabocha, kacang merah, bubur merah…namun sejak dinaikan vol makannya menjadi 2x sehari, sdh 3hr ini tdk BAB. Apakah normal? atau ada yang salah dengan menunya? Mohon panduannya

    • tips-bayi June 28, 2013 at 11:45 pm #

      Dian,

      Sudah 3 hr tidak BAB..? Apa Putri Bunda rewel..?
      Seharusnya bertambah volume yang masuk maka akan bertambah pengeluaran.. ;-)

      Coba Bunda berikan jadwal makan buah diantara jadwal makannya.. Dan Bunda bisa ganti bahan dasar MPASInya, bunda harus mengetahui penyebabnya.. Tidak jauh Bun.. dari makanannya. Akan tetapi kalau tidak ada keluhan lain, Bunda tidak harus khawatir.. Apalagi kalau BABnya tidak keras, tidak apa-apa Bun..

      Anda juga bisa kunjungi : http://www.tipsbayi.com/resep-makanan-bayi-pepaya-saring.html

      Usaha lain yang bisa Anda lakukan apabila bayi Anda susah BAB..

      * Bantulah bayi Anda dengan melakukan olahraga kecil, dengan cara menekuk lutut bayi kearah perutnya secara lembut beberapa kali, yang akan membantu untuk mengeluarkan feses
      * Mandikan dengan air hangat.
      * Oleskan baby oil di daerah sekitar anus bayi.

      • lanny July 4, 2014 at 5:44 am #

        mencoba membantu masalah bu Dian saya juga pernah mengalami bayi sy susah BAB malah jumlah makannya sedikit porsinya dibandingkan bayi bu Dian,saya sempat khawatir jika tidak BAB,dalam sehari,kemudian saya perbanyak buah pepaya dan air putih saja setiap diberi bubur ditambahan air putih sebanyak per 2kali suap lalu beri air ,lakukan terus sampai bubur habis,atau bisa juga diberikan suplemen cair seperti jelly gamat bu bagus kok buat bayi.jangan sering diberi air gula dan teh bebarengan.ada kalanya bayi susah bab ,mungkin dia stress jg bs atau mau ada kebisaan.trima kasih sebelumnya semoga info sy berguna bagi ibu ya.

  7. Tiara dhillon May 15, 2013 at 9:51 pm #

    Saya seneng Dgn infonya

    • tips-bayi May 20, 2013 at 7:57 am #

      Tiara dhillon

      Terimakasih Bunda…;-)

  8. erni May 14, 2013 at 9:57 am #

    mau nanya usia baby ku baru 2 bulan, tp ortu dan mertua saya menyarankan dikasih MPASI.. jadi sekarang udh saya kasih dengan Biskuit beras merah. tp kenapa ya BAB nya keras, kadang 3 hari baru BAB.. apakah itu tidak ada dampak nya dok.. terima kasih

  9. umi nurjanah March 18, 2013 at 5:34 am #

    Siang….
    Arfa sekarang berumur 5 bulan kurang 1 minggu, tapi konsumsi susunya berkurang.
    Alhasil saya kasih MPASI, sepertinya dia juga sudah tertarik saat melihat makanan.
    Saya kasih MPASI 2x sehari dengan porsi ringan…
    Setelah 2 hari kok nafsu makan berkurang…
    Apa permasalahannya Ya….apa juga solusinya?
    Apa saya harus berhenti memberinya MPASI?
    Terimaksih

    • tips-bayi March 20, 2013 at 3:24 am #

      umi nurjanah

      Pemberian MPASI teruskan saja…. Bisa saja bayi Bunda bosan…
      Berikanlah MPASI secara bergantian dan berfariasi. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan,, Dan Bunda bisa coba di
      resep makanan bayi kami..

      Perlu diperhatikan jika diberi menu atau makanan baru. Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Bunda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Pertahankan ASI sampai bayi Bunda berusia 2 atau 2,5 tahun

  10. fatimah February 22, 2013 at 2:26 pm #

    salam tips, anak saya 15 bulan, di kepalanya banyak kerak-kerak dan biang keringat sehingga kalau pada cuaca panas atau pada saat tidur malam selalu mengaruk-garuknya.
    teman sekerja saya memberi saran untuk memandikannya dengan lactacid cair, ketika saya baca kemasannya, bisa digunakan untuk perawatan kulit kepala seperti menggunakan shampoo,apakah boleh untuk seusia anak saya lactacid digunakan seperti menggunakan shampoo untuk perawatan kulit kepalanya, dan untuk biang keringat di badannya terutama di bahagian leher saya telah gunakan sabun cair untuk anak. yang saya heran biang keringat pada anak saya adalah pada bahagian tubuh yang tidak tertutup pakaian seperti leher dan kepala. bagaimana perawatan untuk mengatasi gatal-gatal terutama dibahagian kepala tersebut?

    • fatimah February 25, 2013 at 11:05 am #

      salam tips, please answer for my question about my daugther problem at her head. i,m very worry about it. thanks

    • tips-bayi February 26, 2013 at 7:21 am #

      fatimah,

      Biang keringat.. Bisa di tempat tertutup atau yang terbuka. Biang keringat ini biasa terjadi akibat tersumbatnya kelenjar keringat, jadi solusinya:
      * Mandi secara teratur dan keringkan dengan handuk lembut.
      * Ketika berkeringat, seka badan dengan lap basah dan keringkan kembali dengan handuk kering.
      * Gunakan baju yang berbahan katun dan nyaman dipakai (tidak terlalu sempit), untuk mengurangi panas.
      * Jagalah ventilasi ruangan, agar pertukaran udara berlangsung lancar dan lebih sejuk..

      Bayi yang baru lahir memang biasanya masih terdapat kerak kepala di dahinya. Kerak kepala atau cradle cap ini memang akan terkelupas sendiri, menjadi serpihan-serpihan tipis seperti ketombe, jika sudah mengering.

      Kerak kepala ini muncul akibat masih adanya kandungan hormon dari bunda dalam tubuh bayi. Untungnya, kerak kepala ini hanya bersifat sementara, yang akan hilang dengan sendirinya seiring berkurangnya kadar hormon ibu dalam tubuh bayi. Gangguan kulit ini mungkin akan berlangsung sampai bayi berusia 8 – 12 bulan bisa juga lebih lagi..

      Namun ada baiknya juga jika Anda membersihkan kerak kepala tersebut, karena selain mengganggu penampilan, kerak ini juga membuat gatal dan mengganggu pertumbuhan rambutnya.

      Perawatan kerak kepala:

      Siapkan minyak Zaitun, sisir sikat yang halus, sampo bayi dan waslap. Gunakan hanya produk khusus bayi.
      Oleskan minyak Zaitun pada kulit kepala bayi yang berkerak sambil dipijat perlahan. Biarkan kira-kira 12 jam atau diinapkan semalam, agar kerak melunak dan mudah dibersihkan. Anda bisa melakukannya pada saat bayi tidur.
      Sisir rambut bayi menggunakan sisir sikat halus, sambil mengangkat kerak kepala yang terlepas. Lakukan perlahan dan hati-hati.
      Cuci rambut dan kulit kepala bayi dengan sampo bayi, waslap, dan air hangat. Bilas sampai bersih.. ;-)

      • fatimah February 27, 2013 at 11:12 am #

        terima kasih atas info tipsnya, smoga dapat bermanfaat untuk anak saya dan ibu-ibu lain yang mengalami masalah yang sama seperti putri saya, thanks tips

        • tips-bayi February 28, 2013 at 3:38 am #

          fatimah

          Sama – sama…;-)
          Amin…

          • Anonymous July 27, 2013 at 11:49 am #

            Bun,mau naxa ,anak saya skrg brusia 10 bln,apakah tdk brdampak negatif,jk sy lbh bxk membrix buah,dr pd bubur.

          • tips-bayi July 30, 2013 at 8:03 am #

            Anonymous,

            Tetap Bunda.. Sebaiknya berikan selalu bayi Bunda makan makanan dengan gizi seimbang. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang cukup. :-)

  11. DaupaK January 30, 2013 at 8:42 am #

    Infonya bagus banget Tips Bayi (“,)
    Boleh izin share di webku yaa..
    Makasih

  12. mama zaki December 15, 2012 at 5:00 pm #

    sebentar lagi zaki berusia 6 bulan, dan sy ingin memberikan alpukat sbg MPASI pertamanya. Td sy baca bahwa alpukat bs disimpan di freezer setelah dipotong2 kecil, dan dimasukkan ke wadah tertutup. Pertanyaannya, bagaimana cara memberikan alpukat beku ke bayi? apa dipanaskan dulu, atau dibiarkan dlm suhu ruang atau ada cara lain? Memang fresh lebih baik, tp krn sy juga bekerja, sy harus punya alternatif lain yg praktis. Terima kasih infonya

  13. 05 Desember 2012 December 5, 2012 at 2:24 pm #

    Terima kasih atas info’y..jd saya tidak ragu untuk memberinya..
    Anak saya shabirah umur 8 bln ini belum bisa duduk,berdiri dan merangkak tapi sedikit-sedikit mulai ada tahapan tapi jarang terlihat dan berat badanya hanya 6,5 kg.shabirah masih susu asi dan tambahan susu formula soalnya produksi asi saya sedikit dan menyusuinya hanya 1 saja.yang ingin saya tanyakan:
    1.bagaimana cara untuk melatih anak saya biar dia bisa duduk,berdiri, merangkak.apa sudah dibilang terlambat dalam proses tumbuh kembangnya?
    2.makanan apa saja yang baik buat anak saya,terutama tumbuh kembangnya dan nutrisi tulang dan gigi dan untuk tambah berat badanya..?
    3.susu formula apa yang bagus buat tambah berat badan,dan kekuatan tulang n’gigi..?
    Terima kasih
    tolong banget dibalas….

    • tips-bayi December 6, 2012 at 5:06 am #

      Ayu Suciningsih,

      1. Belum terlambat.. Perkembangan kemampuan setiap bayi itu berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan… Dan bahkan terkadang ada juga yang tidak melalui tahapan yang biasa. Misalnya tidak merangkak tapi langsung berdiri dan berjalan. Ada juga yang ngesot tidak merangkak.. Jadi setiap bayi akan berbeda.. terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan. Keturunan sangat berpengaruh..

      2. Nutrisi setelah 6 bulan, biasanya bayi membutuhkan lebih banyak zat besi dan seng daripada yang tersedia di dalam ASI – pada titik inilah, nutrisi tambahan bisa diperoleh dari sedikit porsi makanan padat. Bayi-bayi tertentu bisa minum ASI hingga usia 12 bulan atau lebih – selama bayi anda terus menambah berat dan tumbuh sebagaimana mestinya, berarti ASI anda bisa memenuhi kebutuhannya dengan baik.

      3. Meskipun susu formula terlihat bisa mengganti ASI, akan tetapi Susu terbaik untuk bayi Adalah ASI.. Hampir semua para ahli berpendapat, makanan terbaik untuk bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun adalah ASI.. Bahkan dianjurkan pemberian ASI dipertahankan sampai bayi usia 2 sampai 2,5 tahun..

      Dengan memberikan ASI maka imunitas bayi Anda akan lebih bagus dan kemungkinan gangguan sembelit akan semakin kecil..

      Kesehatan dan kecerdasan bayi Andapun terjamin. Tidak hanya itu, sang ibu pun mendapatkan salah satu manfaat yaitu menjadi lebih jarang terkena kanker payudara.

      ASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori. Pokoknya kandungan ASI tidak bisa ditandingi oleh sufor manapun, sekalipun sufor termahal..

      Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada cara yang mudah dan murah agar anak sehat dan cerdas, yaitu menyusui ASI eksklusif dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun..

      Sayangnya, para ibu di Indonesia banyak yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

      Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

      Anda bisa baca artikel terkait:

      http://www.tipsbayi.com/susu_formula_bayi.html

  14. win November 28, 2012 at 8:05 am #

    anak saya itu usia 6 bln mau ngsih tambahan makanan pa masih kurang tahu….? dulu pas usia 5 bln tak kasih air persan jeruk.. eh malah dalam sehari tuh lebih dari 6x BAB-nya. terus saya hentikan konsumsi air perasan jeruk padahal tuh bagus ya buat perkembangan jaringan2 tubuh buat byi ya? terus pakai ac tao tidak kepala anak saya tuh sering berkeringat suhu dingin tao pans sama aja. mohon solusinya.
    trus untuk konsumsi buah tambahan selain asi jdi alpukat bisa jdi solusi..ya.

    mohon jawbny terima kasih.

    • tips-bayi November 29, 2012 at 3:56 pm #

      win,

      Jeruk boleh saja Bunda berikan asal jeruk manis dan bayinya sudah biasa mendapatkan MPASI..

      Banyak keringat..? Anda jangan khawatir..Sebenarnya banyak berkeringat merupakan pertanda baik karena berarti kelenjar keringat berfungsi sempurna. Pengeluaran keringat merupakan proses sekresi atau pembuangan sisa-sisa garam dan juga racun dari dalam tubuh..

      Seberapa banyak pun keringat bayi yang keluar sebenarnya normal saja sepanjang bayi tidak terganggu oleh keringatnya. Masih dikatakan wajar bila bayi tidak rewel, selera makan atau menyusunya tetap oke, porsi tidurnya cukup, Aktif, dan pertumbuhannya tidak terganggu..

      Jika bayi Anda sudah terbiasa dengan MPASI baru boleh Anda berikan alpukat dan buah-buahan yang teksturnya lembut dan rasanya manis..

  15. tomil maidah November 21, 2012 at 4:35 am #

    anak saya suka sekali dengan alpukat gimana jika alpukat dikonsumsi tiap hari? apakah ada efek negatifnya… tp tetap dimix dengan buah yang lain contoh alpukat+melon, alpukat+buah naga, alpukat+buah mangga dll

    • tips-bayi November 27, 2012 at 2:57 am #

      @ tomil maidah,

      Meskipun tidak apa-apa diberikan alpukat setiap hari, akan tetapi sebaiknya diselingi buah lain agar bayi Anda tidak bosan..
      Dimix dengan buah-buahan berbeda juga bagus.

      Lemak yang terkandung dalam alpukat mengandung monounsaturated yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Lemak monounsaturated dapat menurunkan LDL ( kolesterol jahat ) dan dapat menaikkan kadar HDL ( kolesterol baik ) di dalam tubuh.

      Alpukat juga kaya akan vitamin E yang mengandung banyak antioksidan untuk mencegah radikal bebas. Selain itu kandungan beta-sitosterol dalam alpukat dapat berfungsi sebagai anti kolesterol yang dapat mengendalikan kolesterol dalam tubuh..

  16. purwadi October 10, 2012 at 1:02 pm #

    Dear tips bayi,

    Anak saya umur 8 bln..biarpun di kamar sudah ada AC,tapi masih suka keringatan juga disaat tidur,sehingga ada bintik merah seperti biang keringat pada punggungnya,adakah efek dari AC untuk anak saya tsb?
    Terima kasih.

    • tipsbayi October 11, 2012 at 4:40 am #

      @purwadi,

      Memang mungkin saja terjadi si anak bereaksi terhadap AC. Sebagai tips dasar, usahakan suhu jangan lebih rendah dari 24°C. Kemudian pastikan juga unit internal AC bersih dari debu. Jika Anda tinggal di daerah perkotaan, sangat besar kemungkinannya unit internal AC itu menyimpan debu dalam jumlah banyak. Pembersihan ini sebaiknya dilakukan setiap 3 bulan sekali.

      Namun untuk masalah berkeringat walaupun di ruangan ber-AC, ini biasa ditemui pada bayi yang lain. Ini disebabkan proses metabolisme, yang masih tergolong normal. Bahkan dengan mengeluarkan keringat, suhu kulit bayi bisa tetap terjaga…

  17. ahmad nunu September 25, 2012 at 12:31 am #

    keren n bermanfaat infonya frend ……

    • tips-bayi October 2, 2012 at 4:33 am #

      ahmad nunu,

      Terima kasih.. kami turut gembira bisa memberikan sedikit manfaat untuk rekan-rekan..

  18. miranita September 19, 2012 at 5:49 am #

    apakah puree alpukat membuat susah BAB?
    waktu di kasih pisang dd qu jd susah BAB nya
    tfs

    • tips-bayi September 27, 2012 at 12:42 am #

      @ miranita,

      Pure alpukat biasanya tidak membuat susah BAB, tapi untuk pisang memang pada sebagian bayi bisa juga menyebabkan BAB keras. Maka jika memang bayi Anda seperti itu sebaiknya Anda ganti bahan dasar purenya.. ;-)

  19. fida September 19, 2012 at 1:12 am #

    anak aku jalan 5 bulan dan aku baru kemarin ngasih makan… pertama yang aku kasih jus alpukat n aku campur sulfur… tapi kenapa gak mau ya.. tp klo pisang yang aku kerok… kiran lahap banget… tolong dong aku minta solusinya??
    makasi….

    • tips-bayi September 27, 2012 at 12:22 am #

      @ fida,

      Untuk makanan pertamanya sebaiknya bubur susu atau pure buatan Anda sendiri.. Usahakan rasanya tidak terlalu jauh dari rasa makanan pokok sebelumnya ASI..

      Bubur susu.. Anda bisa membuat bubur susu sendiri dari tepung beras putih/ merah..

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      Cara membuat pure wortel/ kentang/ apel/ pisang, dll:

      1. Rebus atau kukus kentang atau wortel hingga empuk (apel dan pisang sebaiknya dikukus)
      2. Setelah empuk, angkat dan hancurkan menggunakan sendok atau garpu
      3. Campurkan ASI atau susu formula

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Anda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Jadwal dan porsinya bisa Anda tingkatkan bertahap dan disesuaikan dengan kesiapan bayi Anda.. ;-)

      • erni May 14, 2013 at 9:25 am #

        anak saya baru 2 bulan, tp udah di kasi MPASI krn klu di kasi ASI aja tidak cukup, rezi msh tetap nangis…

        pertanyaan saya apakah di kasih bubur beras merah itu boleh?

        • tips-bayi May 21, 2013 at 1:43 am #

          erni

          Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI?

          Jika pada bayi Anda terdapat tanda-tanda berikut maka sepertinya bayi Anda sudah siap mendapat MPASI

          1. Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
          2. Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
          3. Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
          4. Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
          5. Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

          Jika pemberian MAPSI terlalu dini, memang salah satu resikonya adalah susah BAB atau BAB keras.. Untuk mengatasinya berikan terus ASI.. ;-)

  20. Bunda Afifah September 4, 2012 at 2:45 am #

    Tips bayi, kenapa kulit ank aku slalu biang keringat gitu y….tp stelah pake obat cair lactacil nya hilang,tp klo uda habis obatnya dateng lagi…penyebab nya ap y????

    • tips-bayi September 6, 2012 at 2:07 am #

      @ Bunda Afifah,

      Hmm.. tinggal dimana ya..? Daerah panas..?seperti itu bisa jadi biang keringat atau alergi kulit. Harus diteliti lebih lanjut lagi.

      Jika memang tidak ada pemicu lain yang dianggap pemicu alergi, berarti ada kemungkinan hanya biang keringat.. ;-)

      Penyebab biang keringat ini biasa terjadi akibat tersumbatnya kelenjar keringat, jadi solusinya:
      * Mandi secara teratur dan keringkan dengan handuk lembut.
      * Ketika berkeringat, seka badan dengan lap basah dan keringkan kembali dengan handuk kering.
      * Gunakan baju yang berbahan katun dan nyaman dipakai (tidak terlalu sempit), untuk mengurangi panas.
      * Jagalah ventilasi ruangan, agar pertukaran udara berlangsung lancar dan lebih sejuk..

      Ada beberapa alternatif untuk mengobati biang keringat:

      1. Dengan VCO (Virgin Coconut Oil)
      2. Dengan Minyak Telon (pilih yang kandungan minyak kelapanya 60%, agar tidak terlalu panas)
      3. Bedak Salicyl (bisa dicampur dengan air, seperti bedak dingin)
      4. Bedak tabur

  21. bunda novi September 3, 2012 at 6:27 am #

    kenaoa bayi saya blm bisa tengkurap padahal usia nya sudah 4bl

    • tips-bayi September 6, 2012 at 1:54 am #

      @ bunda novi,

      Anda jangan khawatir.. perkembangan kemampuan setiap bayi berbeda dan bersifat individual, terkadang ada yang cepat atau lambat dalam satu jenis perkembangan.

      Untuk melatih tengkurap, Anda bisa melatihnya dengan menengkurapkan di pangkuan Anda. Buat posisinya agak miring jangan terlalu rata.. Atau biasakan tengkurapkan sebentar dan selang beberapa waktu bangunkan kembali, untuk lamanya Anda bisa melihat kesiapan bayi Anda.. Bila sudah terengah-engah tapi belum terlihat kesal cepat-cepat Anda bangunkan, karena bila sampai kesal ditakutkan akan membuat bayi Anda trauma lantas malas tengkurap lagi..

      Jangan menengkurapkan bayi Anda dalam keadaan kenyang atau baru beres menyusu

    • winda September 24, 2012 at 3:34 pm #

      Dear Tips baby ???g super komplet infonya,,,bayi sy skrg berusia 6bln,dg Berat bdn 8kg,,dan asi eksklusif,,,sy mendapatkan info dr beberapa teman bahwa bayi ???g brusia 6bln hnya boleh makan bubur susu sebanyak 1x sehari ditambah selingan buah/jus,, ???g mau sy tanyakan,
      1.apa sdh benar infonya?
      2.Sy memberikan selingan buahnya berupa apukat dicampur susu,,benarkah penyajiannya?
      3. Menurut DSA apukat boleh diberikan pada usia 9bln,,sdgkan mnurut tips bayi,apukat boleh diberikan usia 6bln,,mana ???g sebaiknya sy ikutin aturannya?
      4.Oh iya bayi sy suka skali mengemut jempol tangannya,,sampe jdi malas minum,,bagaimna cara menghilangkan kebiasaan tersebut?
      Trims yah buat jawaban ???g sy sgt harapkan:)

      • tips-bayi October 2, 2012 at 4:32 am #

        winda,

        1. Untuk masa percobaan memang bisa satu kali, lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

        Ada baiknya Anda juga kunjungi link berikut:

        http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

        Untuk makanan pertamanya sebaiknya bubur susu atau pure buatan Anda sendiri.. Usahakan rasanya tidak terlalu jauh dari rasa makanan pokok sebelumnya ASI..

        Bubur susu.. Anda bisa membuat bubur susu sendiri dari tepung beras putih/ merah..

        Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

        Untuk cara memasaknya:

        a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
        b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
        c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

        Cara membuat pure wortel/ kentang/ apel/ pisang, dll:

        1. Rebus atau kukus kentang atau wortel hingga empuk (apel dan pisang sebaiknya dikukus)
        2. Setelah empuk, angkat dan hancurkan menggunakan sendok atau garpu
        3. Campurkan ASI atau susu formula

        Jadwal dan porsinya bisa Anda tingkatkan bertahap dan disesuaikan dengan kesiapan bayi Anda.. Sehingga nantinya bisa 2 kali sampai 3 kali..

  22. mama esya August 30, 2012 at 3:33 am #

    Wah..bermanfaat sekali artikel2 tipsbayi ini.
    trimakasih banyak ya *_*

    • tips-bayi August 30, 2012 at 11:57 am #

      @ mama esya,

      Sama-sama…;-)

  23. bunda novi August 26, 2012 at 7:00 am #

    bayi saya umur 4 bl apakah boleh saya kasih apukat

    • tips-bayi August 29, 2012 at 4:06 am #

      @ bunda novi,

      Apakah bayi Anda sudah diberikan MPASI..?

      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Untuk makanan pertamanya sebaiknya bubur susu atau pure buatan Anda sendiri.. Usahakan rasanya tidak terlalu jauh dari rasa makanan pokok sebelumnya ASI..

      Bubur susu.. Anda bisa membuat bubur susu sendiri dari tepung beras putih/ merah..

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Anda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan..
      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

      Jika bayi Anda sudah terbiasa dengan MPASI baru boleh Anda berikan alpukat dan buah-buahan yang teksturnya lembut dan rasanya manis.. ;-)

  24. bunda Zaa July 16, 2012 at 10:40 pm #

    hai tips, mau tanya lg.. alpokat untuk bayi, sebenarnya bisa disimpan atau tidak ya? kemarin saya menyimpan pure alpokat di dlm freezer ko di lapisan atas pure alpokatnya jd warna coklat ya? krna alpokatnya teroksidasi ya? kalo spt itu, aman tdk diberikan ke bayi? (wadahnya penyimpanan tertutup rapat ko..)
    jazakillah tips..

    • tips-bayi July 24, 2012 at 4:52 am #

      @ bunda Zaa,

      Alpukat sebenarnya bisa disimpan lama dan tidak akan coklat atau hitam. Caranya sangat mudah, cuci buah alpukat kemudian potong menjadi dua bagian, buang bijinya. Ambil daging buah alpukat dengan sendok, tambahkan 1 sendok makan air perasan lemon untuk setiap 2 buah alpukat.

      Kemudian blender alpukat, setelah itu taruh alpukat blender ke dalam wadah yang kedap udara. Beri jarak 2-3 cm antara bagian atas alpukat dan tutup wadah.

      Simpan ke dalam freezer. Alpukat yang dibekukan tersebut akan bisa tahan hingga lima bulan penyimpanan.

      MASALAHNYA.. bayi kan belum boleh makan air pesaran lemon.. ;-)

      Jadi tetap sebaiknya Anda sajikan fresh, meskipun boleh saja Anda memberikan alpukat sampai 2 hari ke depan jika ada sisa di lemari es meskipun warnanya berubah dan rasanya tidak fresh lho.. :-(

  25. papah rindu July 10, 2012 at 4:10 pm #

    assalamu’alaaikuum..
    tips bayi
    thx info nya :)
    wah.. nih menu alpukat cuucook banget buat bayi saya, yg usia sekarang 8 bulan.
    yg lebih baik 1 hari berapa kali di beri asupan alpukat?

    • tips-bayi July 16, 2012 at 7:10 am #

      @ papah rindu,

      Wa’alaikumsalam Wr.Wb.

      Sama-sama..;-)

      Untuk menu alpukatnya cukup 1 hari 1 kali saja agar anaknya tidak bosan..;-)

  26. arin July 7, 2012 at 4:20 am #

    kalau untuk usia 6m brapa porsi apukat yg diberikan untuk skali makan??

    • tips-bayi July 9, 2012 at 1:12 am #

      @ arin,

      Satu porsi 6 sendok makan dewasa. Bertambah usia, maka porsi bertambah 1 sendok makan. Itu hitungan simpelnya bu.. ;-)
      Akan tetapi tetap lihat kesiapan bayi Anda..

  27. Anonymous July 6, 2012 at 1:14 pm #

    Info yg sangat bermanfaat. Disamping itu Alpukat buah yg mudah didapat serta harga sangat2 terjangkau.

    • tips-bayi July 6, 2012 at 1:37 pm #

      @ Anonymous,

      Terima kasih ..;-)

  28. anindya renatha June 29, 2012 at 4:32 pm #

    assalammu’alaikum wr. wb.
    anak saya berumur 20 bln sulit sekali makannya hingga BB sekarang tinggal 8,3kg berbagai vitamin penambah nafsu makan dan resep dokter telah kami coba tapi belum ada hasilnya malah anak kami seperti uji coba obat2an sekarang badannya tmbah kurus dan sering sakit2an
    tolonglah kami dok,

    • tips-bayi July 7, 2012 at 12:24 pm #

      @ anindya renatha,

      Wa”alaikumsalam Wr.Wb,

      Bayi susah makan.. memang terkdang demikian bu.. Selain memberikan menu yang variatif …Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan ada beberapa yang harus diperhatikan..

      Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan anak Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi anak Anda..

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Anda akan berterima kasih suatu hari nanti !
      Unapprove | Reply | Quick Edit | Edit | Spam | Trash

  29. Aliyah June 7, 2012 at 4:55 pm #

    Brp harga buku panduan yg utk 12bln ? Bs cod?

    • tips-bayi June 8, 2012 at 7:00 am #

      @ Aliyah,

      Harganya 50.000, maaf Ibu tidak bisa .. karena ebook ini tidak berbentuk buku… ;-)

  30. daupakidz June 1, 2012 at 6:52 am #

    Bagus banget infonya (“,)

    tapi aku mau tanya, klo alpukat bukannya kandungan lemaknya tinggi ya?
    Apalagi klo ditambah susu.. cocokkah untuk bayi?
    Makasih tips bayi (“,)

    • tips-bayi June 9, 2012 at 7:43 am #

      @

      Benar.. mungkin sebagian dari kita menganggap bahwa alpukat dapat menyebabkan berat badan bertambah atau gemuk, tapi ternyata itu tidak benar.

      Memang alpukat mempunyai kandungan lemak, tetapi lemak yang terkandung dalam alpukat merupakan lemak sehat yang aman buat tubuh. Bahkan alpukat dapat memperlancar penurunan bobot tubuh seseorang.. ;-)

      Lemak yang terkandung dalam alpukat mengandung monounsaturated yang justru bermanfaat untuk kesehatan jantung. Lemak monounsaturated dapat menurunkan LDL ( kolesterol jahat ) dan dapat menaikkan kadar HDL ( kolesterol baik ) di dalam tubuh.

      Alpukat juga kaya akan vitamin E yang mengandung banyak antioksidan untuk mencegah radikal bebas. Selain itu kandungan beta-sitosterol dalam alpukat dapat berfungsi sebagai anti kolesterol yang dapat mengendalikan kolesterol dalam tubuh.. ;-)

  31. MaMa Nio May 18, 2012 at 7:45 pm #

    Dok…aku pernah baca artikel soal menunda memberikan buah pd bayi,jd dahulukan memberi sayur2an drpd buah2an.krn buah cenderung manis dan sayur2an hambar.Pertanyaan saya;
    1.Kapan bole memperkenalkan buah2an pd bay?i
    2.Buah apa saja yg bole utk bayi?
    3.Kenapa walopun bayiku udah usia 7bln tapi tiap tengah mlm masi suka bangun.
    Ditungg jawabannya makasih

    • tips-bayi May 28, 2012 at 12:51 am #

      @ MaMa Nio

      Maaf baru dijawab ..
      Bayi Anda usia 7 bulan ya ..? Sudah bisa dikenalkan tuh.. buah – buahan…

      1. Pada usia 6 bulan bayi sudah boleh di perkenalkan dengan buah – buahan.
      2. Buah apa saja, asal segar, bagus untuk bayi. Yang penting, sesuaikan dengan usia bayi Anda karena ini menyangkut masalah pencernaan.
      3. Jangan khawatir dengan pola tidurnya.. pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas.

  32. asnita May 3, 2012 at 1:34 am #

    thanks ya info nya….kalo boleh nanya..anak saya umurnya 7 bln lbih,tapi asi nya hanya 4 bulan saja,skrg dah mnm sufor…apakah tidak bahaya,si kecil minum sufor sambil bobo tanpa melepas dotnya?…ingin rasanya memberi asi lagi untuk si kecil tpi sprtinya produksi asi sy sdh sgt krg hmpr tdk ada,bgm ya caranya spy si kcl asi lagi?….BAB jg jrk 3-4 hari,fesesnya keras,apa harus sy periksakan ke dokter?…mohon dibalas ya..plissss….

    • tips-bayi May 9, 2012 at 1:49 pm #

      @ asnita,

      Memberikan sufor sementara si bayi tidur telentang. Akibatnya, cairan tersebut tidak masuk ke saluran pencernaan, tapi ke saluran nafas. Bayi pun muntah.. Karena itu, kalau menyusui atau memberikan sufor, posisi bayi harus dimiringkan. Kepalanya lebih tinggi dari kaki sehingga membentuk sudut 45 derajat. Jadi cairan yang masuk bisa turun ke bawah.

      Dan sebaiknya jangan dibiasakan memberikan botol susu ataupun empeng sambil tiduran. Selain ini akan menjadi lebih sulit dihentikan saat sudah menjadi kebiasaan. Dampak yang timbul tidak hanya fisik (seperti bentuk rahang dan gigi yang kurang baik), tapi juga psikologis. Dan.. Kebiasaan minum susu pada botol atau ngempeng sambil tiduran diindikasikan sebagai salah satu penyebab infeksi saluran telinga.

      Ingin memberikan asi lagi ….? Ada kemungkinan apabila ASI-nya sudah tidak keluar karena berhenti menyusui sudah lama, maka akan sulit untuk keluar kembali. Karena ASI itu hukumnya supply dan demand. semakin banyak disusui dan dipompa akan semakin banyak berproduksi.. Akan tetapi apabila baru berhenti beberapa waktu dan atau memang ASI masih keluar maka Anda bisa menyusui bayi Anda sampai bayi Anda berusia 2 atau 2,5 tahun..

      Tapi apabila memang ASI masih keluar, Anda bisa perkenalkan kembali bisa dengan disusui langsung atau dengan diperah dan dimasukan botol susu (apabila sudah terbiasa dengan botol).. Ada kemungkinan untuk awal bisa saja ada penolakan, akan tetapi coba terus dengan sabar.. Karena ASI adalah makanan terbaik untuk bayi Anda, tidak ada yang bisa menyamai walaupun sufor mahal sekalipun.. ;-)

      BAB bayi Anda keras setelah diberikan MPASI apa ya..? Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain.. Jika terlihat ada pengaruh seperti susah BAB, Anda bisa mencari bahan dasar yang lainnya..

      Pada intinya, jika tidak rewel dan tidak ada keluhan kesehatan.. Anda jangan khawatir, masih NORMAL. .

      Buatlah pola makan yang baik.. Perbanyak menu makanan yang mengandung serat. Pilihlah menu dengan buah dan sayuran. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi Anda dianjurkan 5 porsi kecil setiap hari (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/sayuran mentah..

      Anda juga bisa kunjungi : http://www.tipsbayi.com/resep-makanan-bayi-pepaya-saring.html

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan..

      Usaha lain yang bisa Anda lakukan apabila bayi Anda susah BAB..

      * Bantulah bayi Anda dengan melakukan olahraga kecil, dengan cara menekuk lutut bayi kearah perutnya secara lembut beberapa kali, yang akan membantu untuk mengeluarkan feses
      * Mandikan dengan air hangat.
      * Oleskan baby oil di daerah sekitar anus bayi.

  33. dhyla May 2, 2012 at 1:51 pm #

    Alhamdulillah anak saya skrg berusia 7bln, dan dia sangat suka alpukat, krn setiap siang saya beri dia alpukat dicampur susu, pernah saya coba ganti dengan apel tapi anak saya tidak suka. jadi saya kasi alpukat terus. yg mau saya tanya apakah tidak bermasalah saya berikan alpukat setiap hari kpd anak saya?

    • tips-bayi May 9, 2012 at 2:11 pm #

      @ dhyla,

      Meskipun tidak apa – apa diberikan alpukat setiap hari, akan tetapi sebaiknya diselingi buah lain agar bayi Anda tidak bosan.. ;-) .

  34. Liany May 2, 2012 at 3:50 am #

    sangat bermanfaat informasinya..saya kadang ragu memberikan sari buah kepada bayi

  35. Tips Cantik April 27, 2012 at 5:51 am #

    makasih banget ya gan infonya..
    alpukat memang sangat banyak manfaatnya..
    selain enak, alpukat juga kaya akan gizi yang baik untuk pencernaan.

  36. yessy April 13, 2012 at 5:53 am #

    thank you so much…
    artikelnya pas banget dengan umur anakku

    • tips-bayi April 19, 2012 at 2:48 am #

      @ yessy

      Terimakasih kembali..;-)

  37. feni feranica April 4, 2012 at 7:11 am #

    dear tips bayi, sebaiknya MPASI pertama yg baik buat bayi usia 6 bln apa sih, biskuit apa buah dl yg harus dikenalkan pd bayi??
    trs pemberiannya cukup sekali sehari apa 2x sehari??
    mohon jwbnnya y tips bayi, makasih..

    • tips-bayi April 8, 2012 at 2:21 am #

      @ feni feranic,

      Untuk makanan pertamanya sebaiknya bubur susu atau pure buatan Anda sendiri.. Usahakan rasanya tidak terlalu jauh dari rasa makanan pokok sebelumnya ASI..

      Bubur susu.. Anda bisa membuat bubur susu sendiri dari tepung beras putih/ merah..

      Cara membuat tepung beras: Cara membuat tepung beras, cuci beras lalu rendam selama 6 jam untuk beras merah dan 2 jam untuk beras putih, kemudian tiriskan dan disangrai sampai terlihat warnanya menguning kemudian baru di blender jangan lupa disaring..

      Untuk cara memasaknya:

      a. Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.
      b. Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan brokoli (atau sayuran lain), aduk rata. Angkat.
      c. Tuangkan ASI atau susu formula I cair. Aduk hingga rata. (bisa dicampur pada pancinya atau pada tempat makan ketika penyajian)

      Berikan MPASI sebagai perkenalan 1 kali ,lalu tingkatkan bertahap dengan menambah porsi dan waktu, sesuai dengan kesiapan bayi Anda. Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain..

      Ada baiknya Anda juga kunjungi link berikut:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

      Ingat.. berikanlah MPASI buatan Anda sendiri jangan instan.. ;-)
      Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:

      1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
      2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
      3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
      4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
      5. Mudah
      6. Hemat

      Cara membuat pure wortel/ kentang/ apel/ pisang, dll:

      1. Rebus atau kukus kentang atau wortel hingga empuk (apel dan pisang sebaiknya dikukus)
      2. Setelah empuk, angkat dan hancurkan menggunakan sendok atau garpu
      3. Campurkan ASI atau susu formula
      Jadi deeeeeeeh… ;-)

  38. abung firmansyah March 27, 2012 at 1:46 am #

    alhamdulillah, my baby 9m27d suka sekali klo ak ksh jus alpukat-pisang…;)
    Tips maaf ak mO tanya, klo perbedaan BUBUR tim dan NASI tim apa y???
    My baby skr ini makan nya ak ksh beras yg aku buat bubur (bentuknya spt bubur ayam gitu…) trus klo sayuran gitunya aku parut pake parutan keju…plus daging or ikan…
    Nah, klo spt menu ak yg diatas termasuk bubur apa nasi tim y??? klo untk 10m normalnya bentuk makanannya gmn y tips?? Mohon infonya…

    • tips-bayi March 31, 2012 at 3:32 am #

      @ abung firmansyah,

      Hmm.. :-)

      Nasi tim saring bisa dikenalkan mulai 8 bulan. Teksturnya mirip dengan bubur beras yang sangat kental. Namun ada bedanya, beda bubur yang sangat kental dengan tim saring adalah : Bubur akan lebih cepat berair dan rasanya tidak semantap atau setanak nasi tim saring.

      Makin meningkat umurnya, nasi tim tidak perlu disaring. Namun bisa hanya dihaluskan menggunakan sendok saja. Jangan lupa, untuk tahapan makan nasi tim sebaiknya Anda selalu menyiapkan sayuran atau masakan berkuah supaya bayi nggak merasa seret.. :-)
      Nah, untuk selanjutnya nasi tim yang sudah advance teksturnya akan mirip dengan nasi tanak lembek.

      Nasi tanak lembek Ini juga nggak ada definisi ilmiahnya. Nasi tanak bisa disebut juga nasi liwet. Karena masaknya dengan cara diliwet sehingga tanek.

      Nasi tanak lembek memiliki tekstur yang sangat mirip dengan nasi tim biasa. Hanya saja, nasi tanak biasanya lebih ‘taneg’, lebih pulen dan lebih padat daripada nasi tim. Nasi tanak bisa dibuat dengan cara ‘tradisional’-dengan cara di aron dan dilanjutkan dengan me-liwet atau menanak nasi aron dalam kukusan (langsung, nggak pakai ditaruh di wadah). Atau pakai cara yang paling cangggih… dengan Rice Cooker.. ;-)

      Oh ya.. kalau yang seperti Anda buat berarti itu “Bubur nasi + Keju + Daging..” ;-)

  39. lia March 22, 2012 at 8:44 am #

    maaf satu lagi .pada usia 6 bln aku hanya kasih bubur susu sj yg aku buat sndri.krn skrg anakku umur 7 bln ,aku ingin kenalkan dia sayuran ,protein.Menurut tips bayi baikny gimana ya utk permulaan menu mpasi di 7 bln ini ?krn dr smua yg aku tnya bhkn ortu ku sndri cara buat bubur ny itu semua bhn dimasukann,apkh dgn cara spt itu tdk apa2?lalu bagaiman dgn pengenalan rasa ny,untuk melihat alergi tdk ny apabila semua bhn mkn an di campur jd satu .mohon sekali pnjelasanny yah tips bayi..jiak mmng hrs bertahap,kira2 jenis sayuran dan protein apa yg pertama kali dianjurkan ..terimakasih bnyk :)

  40. lia March 22, 2012 at 8:39 am #

    dear tips bayi,
    aku mau tnya dong ,,mmng pemberian mkn hrs tepat jadwalny yah?coz aku sllu mmberikan anakku mkn pas saat di bgn tdr ,,dan itupun wktuny ga tentu ,sebangun ny dia aja baru aku ksh mkn .anakku skrg umurny 7 bln.yg mau aku tnyakan ada pengaruhnya gak klo aku ksh mkn ny spt itu ?dan pada usia brp bayi mulai teratur jam tdr ny?trus yg buku 12 bln pertama mnta di info dong ,makasih sblmny .

    • tips-bayi March 28, 2012 at 3:04 am #

      @ lia,

      Untuk membiasakan agar terjadwal baik makannya atau tidurnya.. ya seharusnya dibagunkan.. ;-)

      Jika Anda memberi makan seperti yang biasa Anda lakukan maka pola makan dengan pola tidurnya selalu bentrok.. :-)

      Maka Agar bayi Anda tidak kaget dengan rasa makanan barunya, sebaiknya Anda mencampurkan ASI lebih banyak lagi ke dalam makanannya. Usahakan rasanya tidak terlalu jauh dari rasa makanan pokok sebelumnya ASI..

      Lihat dan perhatikan pengaruh MPASI barunya sampai empat hari. Apabila terlihat cocok tidak menunjukan efek negatif maka bisa Anda lanjutkan dan fariasikan dengan memberikan bahan yang lain.. Jika selanjutnya tidak ada efek negatif maka Anda sudah boleh mencampurkan sayuran lain ke dalam MPASI-nya satu jenis setiap variasi MPASI-nya.. ;-)

      Untuk penjelasan ebook 12 Bulan Pertamanya kami kirim via email..

  41. Mama Airin March 18, 2012 at 4:15 am #

    Makasih banyak ya buat info nya..
    saya seneng banget, tadi nya saya ragu buat Ngasi si kecil jus Alpukat, Takut mEncreT.
    jd sya kasi sdikit aja. padahal si kecil sudah berumur hampir 1 tahun.
    setelah baca info dari tips bayi. rasa nya kaya’ disuguhi hadiah buat si kecil.

    • tips-bayi March 21, 2012 at 8:09 am #

      @ Mama Airin,

      Hmm.. :-)
      Selamat mencoba deh..

  42. dona March 16, 2012 at 3:09 am #

    anak saya skrag usianya sudah 6bln tgl 12 kemarin,alhamdulillah sudah saya coba sekarang MPASI alpukat dan bubur biskuit+ASI, ternyata senang,ttpi 2 hri ini kenapa dikaki anak saya timbul bintik2 merah,apakah itu petanda alergi?apakah alpukat bisa alergi atau biskuit susu ASI apa bisa alergi?mohonnn infonya

    • tips-bayi March 21, 2012 at 2:47 am #

      @ dona,

      Berarti bayi Anda belum pernah diberi susu sapi ya..? Bisa saja biskuitnya mengandung susu sapi, bayi Anda alergi susu sapi. Atau alergi alpukat meskipun memang jarang..

      Alergi bukan suatu penyakit. Alergi adalah reaksi hipersensitivas tubuh terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing atau berbahaya. Reaksi alergi biasanya muncul bila bayi memiliki kecenderungan bawaan (genetik)..

      Untuk menentukan alergi atau tidak harus ada peninjauan yang lebih lanjut.. ;-)

      Kulit bintik-bintik seperti itu selain bisa saja alergi.. bisa juga biang keringat..
      Biang keringat ini biasa terjadi akibat tersumbatnya kelenjar keringat, jadi solusinya:
      * Mandi secara teratur dan keringkan dengan handuk lembut.
      * Ketika berkeringat, seka badan dengan lap basah dan keringkan kembali dengan handuk kering.
      * Gunakan baju yang berbahan katun dan nyaman dipakai (tidak terlalu sempit), untuk mengurangi panas.
      * Jagalah ventilasi ruangan, agar pertukaran udara berlangsung lancar dan lebih sejuk..

  43. Aydi RF March 15, 2012 at 3:37 am #

    Alhamdulillah………….
    makasih ya info nya……….!!!
    :)

  44. dona March 15, 2012 at 3:18 am #

    anak saya bru umur 6 bulan tgl 12 maret kmrin,saya jg sudah memberi MPASI alpukat juga biskuit dicampur ASI, anak sy full ASI,cmn dr 2hri ini knapa dikulit kaki anak saya timbul bintik2 ya apa itu alergi?krn anak saya tidak pernah minum sufor,apa alpukat bisa alergi,atau biskuit susu asi jg bisa buat alergi
    mhn dibales ya..

    • tips-bayi March 20, 2012 at 2:29 pm #

      @ dona,

      Berarti bayi Anda belum pernah diberi susu sapi ya..? Bisa saja biskuitnya mengandung susu sapi, bayi Anda alergi susu sapi. Atau alergi alpukat meskipun memang jarang..

      Alergi bukan suatu penyakit. Alergi adalah reaksi hipersensitivas tubuh terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing atau berbahaya. Reaksi alergi biasanya muncul bila bayi memiliki kecenderungan bawaan (genetik)..

      Untuk menentukan alergi atau tidak harus ada peninjauan yang lebih lanjut.. ;-)

      Kulit bintik-bintik seperti itu selain bisa saja alergi.. bisa juga biang keringat..
      Biang keringat ini biasa terjadi akibat tersumbatnya kelenjar keringat, jadi solusinya:
      * Mandi secara teratur dan keringkan dengan handuk lembut.
      * Ketika berkeringat, seka badan dengan lap basah dan keringkan kembali dengan handuk kering.
      * Gunakan baju yang berbahan katun dan nyaman dipakai (tidak terlalu sempit), untuk mengurangi panas.
      * Jagalah ventilasi ruangan, agar pertukaran udara berlangsung lancar dan lebih sejuk..

      • Arman Maulana October 3, 2012 at 2:49 am #

        Assalamualaikum,akumau nanya ank saya kena penyakit kulit,apa obatnhya.

        • tips-bayi October 4, 2012 at 5:29 am #

          Arman Maulana,

          Wa’alaikumussalam..

          Penyakit kulit di daerah yang mana? Pipi..? atau mana..? Berapa usianya..?

          Jika di pipi.. Ruam pada pipi penyebabnya bisa karena ASI yang dimuntahkan bayi Anda mengenai pipi atau akibat tetesan makanan/susu formula. Jika tak langsung dibersihkan, kelenjar pipi bayi akan bereaksi berlebihan. Cara membersihkannya dengan kapas yang sudah dibasahi air hangat..

          Ini tudak berbahaya.. Insya Allah bekasnya tidak akan terbawa sampai besar kok.

          Itu biasa disebut Dermatitis Atopik / Eczema Atopic, Umumnya eczema terjadi pada bayi dan anak-anak kecil dan dapat menghilang sebelum masa dewasa. Biasanya eksema ini akan menghilang secara spontan, tapi bisa juga berkembang sampai dewasa..

  45. lia March 8, 2012 at 7:45 am #

    Mksih buat tipsnya,tpi kmrin ak kasi alpukat kok BABnya keras sekali yah,mnta tipsnya dung kira2 di kasi apa biar BABnya ga trlalu keras,mksih

  46. busana anak February 9, 2012 at 3:55 pm #

    apakah yougurt tidak berpengaruh terhadap lambung bayi, karena yougurt bersifat asam?

    • tips-bayi February 15, 2012 at 3:40 am #

      @ busana anak,

      Insya Allah.. Dan.. tentu saja yoghurt buat bayi bukan sembarang yoghurt, lo. Melainkan yoghurt yang mengandung Bifidobacterium sp, yang menghasilkan asam laktat tipe L (+). Sedangkan asam laktat tipe D (-) yang mengalami metabolisme lebih lambat tidak cocok bagi bayi. Setelah usia setahun lebih dan sudah biasa, barulah anak dapat mengonsumsi semua jenis yoghurt dan menikmati manfaatnya sebagai sumber protein, kalsium, dan fosfor tinggi.

      Pemberiannya paling baik dalam keadaan dingin suhu ruang, jadi tidak terlalu dingin seperti es cream keluar dari freezer..
      Tapi jika sudah biasa, minum dalam keadaan dingin juga tidak mengapa..

      Memang ada suatu keterangan yang mengatakan kalsium dari tulang babi ditambahkan ke dalam proses pembuatan yogurt. Itu bisa saja benar, maka untuk amannya kita cari yoghurt buatan lokal yang sudah ada label halal MUI nya.. ;-)

  47. Bunda Nando January 28, 2012 at 1:12 pm #

    Dear tipsbayi,mo tnya donk…
    Nando skrg usianya dah msuk 7bln N aq ksh dia mpASI dr usia 6bln tp msh susah mkn mpe skrg pdhal dah aq coba ksh buah, sayuran,tim saring tp msh nolak terus untuk mkn.
    Anakku jg bbrapa hr ni sering nolak klo aq ksh ASI pdhal dr lahir nando ga suka sufor (slalu muntah).
    Apa ini pengaruh dr giginya yg bru muncul?
    Tolong share nya ya.. Thanx

    • tips-bayi February 4, 2012 at 3:51 am #

      @ Bunda Nando,

      Bayi Anda tidak demam atau sakit..? Memang ada kalanya bayi susah makan atau nafsu makannya menurun.. Maka kita harus jeli dan sabar mencari penyebabnya. Jangan Anda paksa..

      Bisa juga benar.. akan tumbuh gigi..

      Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan anak Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi anak Anda..

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Anda akan berterima kasih suatu hari nanti ! ;-)

  48. rara January 12, 2012 at 5:02 pm #

    Makassii bgt tuk info nya
    Tp sy mau tanya..
    Putra sy umurnya 8bula.tp dia sulit sekali makan.
    Klu makan harus kita paksa..jd klu yuapin itu tangannya kita pgangin..soalnya dia suka nolak nolak tmpat mkannya..malah sring smpe tumpah..
    Sy kadang kasihan liat putra sy kyk gtu…tiap makn hrus dpaksa smbil nangis kejer..
    Sy bner bner ga tega liatbya..tp gMana lg dia kan wjib makan..dah gtu susu formula ga mu..ngedot pke btol susu aj ga bs..
    Jd dia cm asi aj..pdhal sy kerja..
    Makanya bratnya ga naik naik..pdahal wktu umurnya dbawah 8bulan dia genddduuuut sekali..tp skarang dah kuruus..
    Sy bngung bgt sbgai bundanya..
    Tolooong y berikan saya informasi bagaimana sy mensiasati msalah ini..
    Krn sy ibu muda jd bngung ngadepinnya..
    Tloong infony ya..
    Pliiis

    • tips-bayi January 16, 2012 at 3:05 am #

      @ rara,

      Maunya ASI ya.. ? Bagus berikan saja terus ASI.. bahkan ketika Anda tidak dirumah juga berikan terus ASI.. !

      Sulit makan..? Anda berikan bubur instan..? Coba buat sendiri MPASI-nya.. biasanya bayi akan lebih seneng lho..

      Bisa saja akibat tumbuh gigi, bayi Anda sedikit terganggu nafsu makannya.. tapi tidak akan lama..

      Memang ada kalanya bayi susah makan atau nafsu makannya menurun.. Maka kita harus jeli dan sabar mencari penyebabnya. Jangan Anda paksa.. ;-)

      Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan..

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi anak Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan anak Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi anak Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai anak Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan anak Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar anak akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan anak Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi anak Anda..

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun anak Anda akan berterima kasih suatu hari nanti ! ;-)

    • Anonymous May 1, 2013 at 1:39 am #

      Hanis

      Anak saya berumur 9 bulan,sudsah 2 minggu anak saya batuk kering tapi sempat panas selama 3hari sampai sekarang batuk nyabelumsembuh juga,padahal sudah ke dokter,beli obat apotik juga sudah,solusi nya bagaimana?

  49. Rinny January 12, 2012 at 7:10 am #

    saya setuju kalau alpukat memang baik untuk pengenalan MPASI pertama, tks ya infonya..:)

  50. ayu January 9, 2012 at 7:32 am #

    info nya sangat bermanfaat sekali…. terima kasih ya

    boleh tanya gak.. putri saya umur 8 bulan, awal nya seneng minum susu formula, tapi akhir 2 ini tidak lagi mau susu formula, knp ya,,,?? klo alergi tidak ada, tapi saat ini dia malah seneng minum air putih, berapa takaranyangpas yang aman yang bisa di konsumsi bayi yang berumur 8 bulan,, apa kah ada efek nya? saat ini saya juga membri jus alpukattanpa es, untuk konsumsi buah nya… tks atas jawaban nya ya ….

    • tips-bayi January 10, 2012 at 2:23 am #

      @ ayu,

      Bayi Anda pengen yang seger-seger ya.. tuh jus sudah seger..

      Pemberian air putih ini merupakan insting langsung para orang tua untuk menghindari dehidrasi dan biasanya bayi suka sekali, tetapi terlalu banyak air dapat menganggu keseimbangan cairan dalam tubuh bayi. Susu (terutamaASI) merupakan cairan yang terbaik untuk tetap menjaga bayi yang belum banyak memakan makanan padat dari ancaman dehidrasi, bahkan untuk bayi dibawah 6 bulan jangan dberi minum air putih, meskipun anak Anda sudah lebih 7 bulan ada baiknya bayi Anda jangan diberi terlalu banyak air putih dulu, cukup diberikan untuk mendorong makanan saja, perbanyaklah ASI atau sufor.. ;-)

  51. Ratih December 19, 2011 at 7:16 am #

    Makasih ya info’y… anakku jg suka bgt loh aku ksh puree alpukat di mix sm ASI.

  52. Iqbal Tsakif & bunda November 29, 2011 at 7:16 am #

    Alhamdulillah dapat informasi yang bermanfaat untuk saya dan buah hati, sya mau tanya juga klw anak saya sudah usia 11 bulan, selain buah alpukat apa lagi yang bisa di jadikan MPASI? klw sayuran gmn?

    • tips-bayi December 14, 2011 at 3:41 am #

      @ Iqbal Tsakif & bunda,

      Sayuran dan buah sangat penting.. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi Anda dianjurkan 5 porsi kecil setiap hari (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah.. ;-)

  53. diena November 5, 2011 at 3:15 am #

    alhamd bayiku sdh dibiasain mkn alpukat sjk awal. tp kakaknya umur 3,5 thn susaaah bgt makan buah n sayur. mohon tipsnya yah. tks

    • tips-bayi December 5, 2011 at 3:03 am #

      @ diena,

      Dibiasakan secara bertahap.. ;-)
      Bayi Anda sudah bisa memegang dan sudah bisa mengunyah. Anda juga bisa mulai memberikan ‘finger food’ sayuran kukus atau potongan buah.. biarkan anak Anda makan sendiri. Fariasikan setiap hari jenisnya.

      Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi Anda dianjurkan 5 porsi kecil setiap hari (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah..

  54. Yuli October 31, 2011 at 8:20 am #

    Dear tipsbayi,
    makasih bgt buat info2nya slama ini,saya jadi punya panduan dalam merawat bayi saya.
    Saya mau nanya bagus gak sich sari kedelai buat ibu menyusui dan bayinya soalnya kata orang sari kedelai itu bagus buat kulit&mungkin tidak sari kedelai bisa bikin alergi?
    Saya juga suka minum kopi&teh,apakah segelas teh atau kopi sehari tidak baik buat saya yg menyusui dan bayi saya?
    Makasih ya tips bayi untuk jawabannya..

    • tips-bayi December 5, 2011 at 1:32 am #

      @ Yuli,

      Sama-sama.. ;-)

      Justru susu kedelai sering digunakan sebagai pengganti susu sapi oleh mereka yang alergi terhadap susu sapi, karena protein susu kedelai mempunyai susunan asam amino hampir mirip dengan susu sapi. Proteinnya bahkan lebih tinggi dan asam lemak jenuhnya lebih rendah, selain itu susu kedelai tidak mengandung kolesterol karena merupakan produk nabati.

      Susu kedelai tidak mengandung vitamin B12 dan kandungan mineralnya terutama kalsium lebih sedikit ketimbang susu sapi. Secara susu kedelai mengandung vitamin B2, niasin dan piridoksin yang tinggi. Vitamin lain yang kadarnya cukup banyak adalah vitamin E dan K. Jadi buat Anda konsumsi ya bagus.. ;-)

      Minum teh atau teh hijau memang bermanfaat untuk tubuh, namun ada masa dimana minum teh perlu dikurangi. Mirip dengan anjuran orang-orang tua untuk mengurangi atau meniadakan minum kopi, Ibu-ibu yang sedang hamil harus berhati-hati dalam mengkonsumsi teh hijau karena kandungan kafeinnya sangat besar. Sementara ibu-ibu yang sedang menyusui, juga disarankan agar tidak mengkonsumsi kopi dan teh hijau karena dapat menimbulkan restlessness (sukar diam), sukar tidur, anemia dan effect negatif lainnya pada anak-anak yang sedang disusuinya.

      Secara umum, kafein menimbulkan efek merugikan pada kesehatan ibu. Salah satunya, gangguan penyerapan zat besi dan kalsium, hingga berisiko terkena osteoporosis.. ;-)

  55. kayana malik October 13, 2011 at 9:02 am #

    tanks ,.. ya

  56. fitriana October 11, 2011 at 7:34 am #

    Terima kasih atas infony..
    Saya mau nanya nich,saya skg lagi hamil 2 bln anak ke-2,sdgkn ank pertama saya baru berusia 15 bulan
    Saya msh menyusui anak pertama saya
    Yg ingin saya tanyakan,apa ada pengaruh tidak pada bayi dan janin yang saya kandung?
    Ataukah harus di sapih anak pertama saya?
    Mohon bantuanny..

    • tipsbayi November 14, 2011 at 3:14 am #

      @ fitriana,

      Apabila kesehatan Anda baik-baik saja, tidak pusing dan lemas, atau tidak menunjukkan tanda malnutrisi lain, tidak ada salahnya untuk
      menyusui saat hamil. Meski ini bukan kondisi ideal untuk hamil.. :-)

      Yang penting jagalah nutrisi Anda atur juga waktu istirahat agar kondisi selalu fit.., sepanjang tidak terjadi kontraksi pada kandungan Anda itu baik-baik saja. Akan tetapi begitu ada tanda-tanda konstraksi harus dihentikan.

  57. Anisa Bahzah September 14, 2011 at 12:23 pm #

    Teriamakasih ya informasinya…..aku udah rencakan akan kasih alpukat untuk putraku,.

  58. deby September 6, 2011 at 2:33 pm #

    terima kasih tips info’a,sy jd lebih tau mamfaat alpokat u bayi,,bayi sy skr uda 51/2bln,apa sudah bleh sy berikan pokat sbg mpasi pertm,dan bagaimana jadwal pemberian’a,apa 1x1hr untk pemula,sampai brapa hri sy hrus berikan purealpokat ,dan kapan sy harus memberikan bubur asi?saya mohon diberikan jadwal 6-12 bln ya tips,terimakasih sebelum’a,

  59. metty September 1, 2011 at 12:00 am #

    trimakasih yah…. putraku memang suka alfukat

  60. yuni July 16, 2011 at 2:30 am #

    apakah buang air pada bayi 5 bulan 5 sampai 6 hari tidak buang iar besar masih terbilang wajar

  61. YANTI June 28, 2011 at 4:47 pm #

    SALAM KENAL. DOK SAYA IBU MENYUSUI ASI, BAYI SAYA USIA 4 BULAN KETIKA SAYA SAKIT SAYA HENTIKAN ASI SAYA SELAMA SATU BULAN. DAN KINI BAYI SAYA SUDAH 51/2 BLN KETIKA SAYA SUSUI ASI LAGI BAYI SAYA MENOLAK . YANG SAYA INGIN TANYAKAN
    APAKAH BILA IBU MENYUSUI SAKIT ASINYA BERPENGARUH PADA KESEHATAN SI KECIL?
    BAGAIMANA CARA AGAR BAYI KEMBALI MAU DISUSUI ASI LAGI SETELAH IBU SEHAT?
    SEBELUMNYA SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH.

    • tipsbayi July 8, 2011 at 3:11 am #

      @ YANTI,

      Wah kasihan.. bayi Anda jadi gak mau ya..

      Intinya boleh-boleh saja Anda menyusui ketika sakit. Anda beritahukan pada dokter Anda ketika Anda memeriksakan diri Anda, agar dokter memberikan obat yang boleh dokonsumsi oleh ibu menyusui.

      Jika Anda sakit flu atau batuk, jika akan menyusui pakailah masker dan jangan ciumi dulu bayi Anda.. ;-)

      Untuk mengembalikan agar bayi Anda mau lagi disusui.., sepertinya selama Anda sakit bayi Anda diberikan sufor dengan dot ya..? Maka Anda bisa tetap memberikan ASI akan tetapi dengan cara memeras/ memompa ASI Anda lalu Anda masukan pada botol susu dan diberikan pada bayi Anda..

      Dengan begini Anda tetap bisa mempertahankan pemberian ASI pada bayi Anda meskipun melalui botol .. ;-)

  62. luna June 28, 2011 at 8:23 am #

    tips, tolonh infonya cara adpetin buku nya gimana sai??? tengkyu, ku tunggu infonya ;)

    • tipsbayi July 8, 2011 at 3:03 am #

      @ luna,

      Buku apaan ya..? :-)
      Ebook maksudnya..?

  63. luna June 28, 2011 at 7:38 am #

    Dear tips,…
    baby ku ada riwayat alergi bolehkah konsumsi alpukat? makasih infonya saya tunggu yaaaa…. ;)

    • tipsbayi July 8, 2011 at 3:02 am #

      @ luna,

      Bayi Anda misalnya alergi ikan atau susu sapi.. tapi belum tentu alergi alpukat karena sensitivitas bayi akan berbeda.. jadi tidak ada salahnya jika Anda mencobanya.. ;-)

  64. Erdison Abdul Hadi June 8, 2011 at 4:12 am #

    Terima kasih atas info yang diberikan, saya sangat membutuhkan nutrisi untuk anak saya yang masih berusia 5bln. Saya akan mencobanya sesuai yang dianjurkan oleh Tim Tips Bayi. Terima kasih.

    • tipsbayi June 28, 2011 at 3:17 am #

      @ Erdison Abdul Hadi,

      Sama-sama.. ;-)

  65. imas June 5, 2011 at 4:56 pm #

    terimakasih atas infonya. Mau tanya juga nih. Anak saya baru berusia 6 bln tp selalu berkeringat byk, baik itu cuacanya panas ataupun dingin. Klu keringatnya banyak biasanya cegukan dan hidungnya meler. Apa itu normal? Terimakasih.

    • tipsbayi June 28, 2011 at 3:13 am #

      @ imas,

      Sebenarnya banyak berkeringat merupakan pertanda baik karena berarti kelenjar keringat berfungsi sempurna. Pengeluaran keringat merupakan proses sekresi atau pembuangan sisa-sisa garam dan juga racun dari dalam tubuh.

      Seberapa banyak pun keringat bayi yang keluar sebenarnya normal saja sepanjang bayi tidak terganggu oleh keringatnya. Masih dikatakan wajar bila bayi tidak rewel, selera makannya tetap oke, porsi tidurnya cukup, dan pertumbuhannya tidak terganggu…

      Keringat perlu diwaspadai sebagai pertanda gangguan kesehatan jika dibarengi dengan keluhan lain semisal mendadak rewel, tak mau makan/minum/menyusu, susah tidur, lemah, dan sebagainya.

      Cegukan pada bayi itu biasa.. Susui saja terus dengan ASI. Hidung meler jika tidak flu bisa saja alergi.. Alergi memang bukan suatu penyakit. Alergi adalah reaksi hipersensitivas tubuh terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing atau berbahaya. Reaksi alergi biasanya muncul bila bayi memiliki kecenderungan bawaan (genetik).. ;-)

      Beberapa pemicu yang dapat mengakibatkan alergi bagi bayi, terutama bagi bayi yang memilikii saluran nafas sensitif atau memiliki riwayat alergi dalam keluarganya:

      1. Debu rumah
      2. Bulu binatang peliharaan
      3. Asap rokok
      4. Obat nyamuk
      5. Binatang-binatang kecil
      6. Asap kendaraan
      7. Serbuk sari tanaman
      8. Asap hasil bakaran sampah
      9. Infeksi saluran nafas (biasanya terjadi karena virus)
      10. Perubahan cuaca
      11. Aktivitas fisik yang berlebihan
      12. Kombinasi dari beberapa faktor penyebab di atas

      Agar tidak muncul biang keringat , solusinya:
      * Mandi secara teratur dan keringkan dengan handuk lembut.
      * Ketika berkeringat, seka badan dengan lap basah dan keringkan kembali dengan handuk kering.
      * Gunakan baju yang berbahan katun dan nyaman dipakai (tidak terlalu sempit), untuk mengurangi panas.
      * Jagalah ventilasi ruangan, agar pertukaran udara berlangsung lancar dan lebih sejuk..

      Untuk lebih jelasnya sebaiknya Anda bawa bayi Anda ke DSA agar bisa diperiksa dan mendapat diagnosa dengan tepat.. ;-)

  66. ani June 3, 2011 at 1:33 pm #

    aku sempat takut juga pas mau kasih alpukat kebetulan skrg usia putriku 9 bln, setelah baca aku jd ngerti dech manfaat alpukat kebetulan ankku doyan makan pasti gak bakalan nolak dech….

  67. grizke June 1, 2011 at 10:08 am #

    anak saya sdah usia 8 bln,tpi susah mkan,mau coba dech aku ksih alpukat.

    • tipsbayi June 28, 2011 at 2:56 am #

      @ grizke,

      Ya deh coba saja.. yang lain sudah coba rata-rata bayi nya suka.. kami yakin bayi Anda suka juga kok.. ;-)

  68. recipes May 31, 2011 at 6:01 am #

    Thanks for sharing ..

  69. yeni May 30, 2011 at 2:11 am #

    saya senang,pertama sya mencoba memberikan alpukat pd putri saya,putri saya suka

    • tipsbayi June 28, 2011 at 2:54 am #

      @ yeni,

      Anda juga bisa berekspresi sendiri dengan alpukat dan membuat variasi menu lainnya.. ;-)

  70. lisa putri May 29, 2011 at 3:30 pm #

    thx infonya..
    anakq skr 9 bln ,susah makan. Tapi setelah ku beri alpukat mix pepaya dilumat pake sendok , syukur dia doyan..

    • tipsbayi June 28, 2011 at 2:52 am #

      @ lisa putri,

      Alhamdulillah doyan ya.. ;-)

      Selain Anda harus selalu memvariasikan makanan bayi Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Untuk mengatasi bayi Anda yang susah makan atau kurang nafsu makan.. ;-)

      * Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi Anda dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama Anda yang paling dekat dengan bayi Anda.

      * Selain memberikan jadwal waktu makan bagi bayi Anda, penting bagi orang tua terutama Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi favoritnya dan makanan apa yang tidak disukai bayi Anda.

      * Faktor lain yang biasanya cukup mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah “siapa yang menyuapi”. Jika sudah akrab dengan satu orang, biasanya sejumlah besar bayi akan merasa nyaman hanya dengan orang tersebut, tidak mau atau susah untuk bersama dengan orang lain.

      * Faktor yang juga turut mempengaruhi selera makan bayi Anda adalah teknik penyuapan yang dilakukan oleh Anda atau orang yang biasa menyuapi bayi Anda..

      * Pintar-pintalah Anda untuk mencari alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan pokoknya…

      * Buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan menyajikan makanan dengan dalam berbagai bentuk atau bentuk wajah di piring

      * Memberi contoh – pada bayi atau balita Anda. Cicipi sendiri makanan bayi dan buat suara ‘mmm’ sehingga bayi Anda mengerti itu makanan yang enak dan ingin meniru.

      * Tawarkan porsi-porsi kecil dengan rasa dan tekstur berbeda pada waktu makan sehingga jika dia tidak suka yang satu dia bisa mencoba yang lain (meski tidak harus selalu makanan favoritnya). Porsi yang kecil juga lebih tidak menakutkan –tidak terlihat menakutkan baginya dan Ibu bisa menambahkan lagi jika dia menyenanginya!

      * Jika bayi Anda memuntahkan kembali makanan, bersabarlah dan coba lagi lain hari. – Mungkin perlu ditambah sedikit variasi menggunakan dengan makanan favoritnya. Ini adalah proses yang panjang, namun bayi Anda akan berterima kasih suatu hari nanti!

  71. via May 9, 2011 at 9:47 am #

    Boleh g dikasih alpukatnya saat 5 bulan?

    • tipsbayi June 28, 2011 at 2:49 am #

      @ via,

      Jika bayi Anda sudah mendapatkan MPASI, boleh saja.. ;-)

      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

  72. via May 9, 2011 at 9:41 am #

    Trims y infonya sebentar lg bayi ku 6 bln. bisa dicoba tu..

  73. omi March 22, 2011 at 3:37 am #

    Thanks ya info nya
    Mommy2 nunggu info terbaru untuk nutrisi bayi

    • tipsbayi June 28, 2011 at 2:45 am #

      @ omi,

      Hmm… Nutrisi Bayi.. baiklah tunggu saja ya.. ;-)
      Terima kasih atas kesabarannya..

  74. anty March 15, 2011 at 4:53 am #

    dok yogurt nya khusus baby y? merk’y apa? bisa di email in g?

    • tipsbayi June 28, 2011 at 2:38 am #

      @ anty,

      Benar.. Yoghurt yang cocok untuk bayi yaitu yoghurt bayi.. Untuk merk mohon maaf kami tidak bisa meyebutkan disini.. ;-)

      Tentu saja yoghurt buat bayi bukan sembarang yoghurt, lo. Melainkan yoghurt yang mengandung Bifidobacterium sp, yang menghasilkan asam laktat tipe L (+). Sedangkan asam laktat tipe D (-) yang mengalami metabolisme lebih lambat tidak cocok bagi bayi. Setelah usia setahun lebih dan sudah biasa, barulah anak dapat mengonsumsi semua jenis yoghurt dan menikmati manfaatnya sebagai sumber protein, kalsium, dan fosfor tinggi.

  75. Hendra March 10, 2011 at 2:22 pm #

    Terima kasih atas infonya. Bisa jd alternatif kl lg bingung….

  76. mamamecca March 9, 2011 at 8:24 am #

    tips bayi
    tolong kasih info dong gimana caranya dapetin buku 12bln pertama.
    itu berupa ebook??atau buku biasa?hrga brpa?n bisa dibeli dimana ya??
    mksih sebelumnya

    • tipsbayi March 10, 2011 at 2:19 am #

      @ mamamecca,

      Sudah kami jawab via email ya.. ;-)

  77. mamamecca March 9, 2011 at 8:20 am #

    tips bayi..
    saya pengen info tentang buku 12bln pertama.itu berupa ebook gitu atau buku biasa.??dan bisa dibeli dimana ya?
    mksih sebelumnya..;)

  78. emmy pardede March 8, 2011 at 5:41 am #

    senang bisa tau web ini. anak saya tanggal 10 ini usianya 7 bln.saya sudah memberikan selingan makanan maupun buah.saya ingin tanya, kotoran dimata anak saya setiap bangun tidur byk sekali.kira2 knp ya?trus mau tny juga, kalau buah itu dikukus bukankah vitamin atau kandungan nutrisinya jadi hilang?
    trims..

    • tipsbayi March 14, 2011 at 2:29 am #

      @ emmy pardede,

      Kami juga senang sekali Anda bisa bergabung di sini.. ;-)

      Kotoran atau belek pada mata bayi Anda karena adanya penyakit yang menyebabkan mata berair dan banyak mengeluarkan kotoran mata. Kondisi ini beragam penyebabnya, antara lain:

      * Infeksi jalan lahir. Biasanya, infeksi jalan lahir didapat bayi ketika proses persalinan berlangsung. Dokter biasanya memberikan obat yang sesuai dengan penyebab infeksinya.
      * Adanya sumbatan pada saluran air mata bayi. Kondisi ini akan menghambat aliran air mata bayi ke rongga hidung, sehingga mata bayi pun berair terus-menerus. Nah, genangan air inilah yang bisa mengundang kuman penyebab infeksi.

      Untuk mengatasinya, lakukanlah tindakan-tindakan berikut.

      * Perhatikan apakah belekan yang terjadi normal atau tidak.
      Jika masih normal, artinya hanya sedikit belek pada mata bayi di pagi hari dan tidak sampai mengganggu (membuat mata bayi lengket), maka Anda tidak perlu khawatir. Bersihkan saja matanya menggunakan kapas dan air hangat. Arahnya dari bagian dalam ke arah luar mata.

      Jika belek bayi cukup banyak, sehingga menyebabkan mata bayi Anda lengket, cobalah mengompres matanya dengan kapas yang dicelupkan ke air hangat. Biasanya, kotoran yang membuat mata bayi lengket akan lebih mudah dibersihkan. Jangan sekali-sekali menggunakan boorwater atau cairan pembersih mata.

      * Segera bawa ke dokter, jika belekan lebih dari tiga hari. Sebelumnya, perhatikan apakah bagian putih matanya merah atau tidak. Sampaikan hal ini ke dokter ketika berkonsultasi.

      * Waspada terjadinya infeksi, yakni jika matanya kemerahan. Dokter biasanya akan memberi obat untuk membantu mengatasi infeksi. Perhatikan cara memberikan obat mata pada bayi, tanyakan dengan jelas cara pakainya.

      * Atasi penyumbatan saluran air mata jika hal ini terjadi dan infeksi telah diatasi. Untuk itu, kemungkinan Anda perlu melakukan pemijatan untuk membantu ‘membuka’ saluran air mata yang tersumbat. Perlu Anda tahu, saluran air mata ada di bagian dalam mata, dekat dengan pangkal hidung. Langkah-langkahnya:
      # Cuci tangan sebelum memijat pangkal hidung bayi.
      # Upayakan jangan sampai kuku jari tangan Anda melukai kulit bayi yang masih rentan.
      # Perhatikan pula, apakah kulit jari-jari tangan Anda tidak kasar. Sebab, kulit yang kasar bisa saja melukai bayi ketika Anda memijatnya.
      # Pijatan biasanya dilakukan dengan menggerakkan ibu jari dari pangkal hidung bayi (tepi mata sebelah dalam) ke arah hidung (ke arah bawah). Atau, pijat dalam gerakan berputar-putar. Lakukan pijat hidung bayi ini 2 – 3 kali sehari.
      # Jika merasa bahwa ibu jari Anda terlalu besar, gunakan jari lain untuk memijat bagian tersebut.
      # Ketika memijat, ingat bahwa kulit maupun otot si kecil masih sangat tipis. Jadi, Anda tak perlu menekannya dengan kuat, tetapi cukup menggosok/mengusapnya perlahan-lahan.
      # Ketelatenan Anda melakukan pemijatan ini setiap hari, sangat membantu upaya ‘mengeringkan’ genangan air mata yang mengganggu bayi Anda. . ;-)

      Untuk konsumsi perkenalan pada bayi, memang buah-buahan dianjurkan untuk dikukus. Ini tidak akan terlalu berpengaruh terhadap kandungan nutrisinya.. Dikukus lebih baik dari pada direbus..
      Tapi bayi Anda sudah berusia 7 bulan.. maka buah mentah lebih baik.. Untuk konsumsi sayuran dan buah bayi 6 bulan sampai 1 tahun dianjurkan 5 porsi kecil (2 porsi kecil buah, 3 porsi kecil sayuran). 1 porsi kecil sama dengan 1/3 cangkir buah/saturan mentah.. ;-)

      Untuk kesehatan yang optimal, dianjurkan agar bayi Anda mengkonsumsi Sayuran dan buah dengan beragam warna..

  79. irfan March 4, 2011 at 8:44 am #

    kalau bayi masih berumur 5 bulan bisa atau tidak ya diberi asupan buah alpukat ini ,, soalnya bayi saya baru berumur 5 bulan tetapi sejak usia 4 bulan sudah diberi makanan tambahan yaitu pisang !?

    Trim’s

    • tipsbayi March 7, 2011 at 7:09 am #

      @ irfan,

      Karena bayi Anda mulai dikenalkan MPASI pada usia 4 bulan.. dan bayi Anda sudah terbiasa dengan buah, maka untuk bayi Anda sudah boleh diberikan alpukat.. ;-)

  80. tipsbayi March 2, 2011 at 4:17 am #

    @ Bunda Baim,

    Bagus sekali jika Anda buat jadwalnya selang-seling atau fariasi.. agar baim tidak cepat bosan.. BAB Baim sering bukan berarti diare kan..? Baim tidak rewel dan makan minumnya masih kuat jadi Anda jangan khawatir, Anda lanjutkan saja pemberian alpukatnya.. ;-)

  81. Bunda Baim February 24, 2011 at 2:58 pm #

    Thx infonya ya, bermanfaat bgt. Walaupun ditempat aku susah dpt alpukat tp krn tau khasiatnya utk bayi, aku bela-belain aja nyari. Alpukatnya aku mix ma pepaya diblender, Baim suka tp kok bsknya pupnya agak sering. Apa masih bs aku terusin ngasih alpukat ma pepaya? Baim jg suka apel diblender. Apa bisa diselang-seling ya? Sorry ya tips, nanyanya byk, hehe. Maklum ibu baru. Mohon infonya ya. Thx so much…

  82. wulanzuha February 22, 2011 at 9:47 am #

    Trimakasih untuk informasinya.. Dan klo bisa lebih detail lagi karena sy memang blum pengalaman benar tentang merawat baby.. Tengkiu for all

    • tipsbayi February 24, 2011 at 3:27 am #

      @ wulanzuha,

      Sama-sama.. ;-)
      Ikuti saja terus tips-tips dan sharing para ibu di TipsBayi.com ya..

  83. Dina February 21, 2011 at 4:19 am #

    infonya bermanfaat sekali :)

  84. oktavia February 18, 2011 at 7:24 am #

    sist sy mau pesen buku 12 tahun pertama gimana ya /
    langsung transfer saja bisa ga..
    karena sy kurang mengerti caranya lewat website langsung

    • tipsbayi February 22, 2011 at 2:30 am #

      @ oktavia,

      Sudah kami jawab lewat email ya.. ;-)

  85. linawati February 17, 2011 at 8:22 am #

    wah….kebetulan nih, saya lagi bingung mau kasih buah-buahan apa lagi buat bayi ku yang baru 7 bulan,ternyata alpukat bisa diberikan untuk bayi . tq…infonya

    • tipsbayi February 22, 2011 at 2:57 am #

      @ linawati,

      Anda bisa juga memberikan buah-buahan lainnya pada bayi Anda, yang rasanya manis, teksturnya lembut dan tidak berbau menyengat.. ;-)

  86. tri February 17, 2011 at 6:41 am #

    apakah alpukat aman dikonsumsi untuk bayi yang alergi susu sapi ?
    tks

  87. yenny February 17, 2011 at 3:05 am #

    Terima kasih atas tipsnya.

  88. lili February 13, 2011 at 7:23 am #

    thanx infonya. kebetulan didi, anak sy (8bln) suka banget alpukat.

  89. yenny February 11, 2011 at 9:51 am #

    Mohon tipsnya dong:
    Anak saya sudah 2 tahun. klo alpukat setiap hari saya kasih baik tidah untuk pencernaannya. Terima kasik infonya

    • tipsbayi February 17, 2011 at 2:07 am #

      @ yenny,

      Boleh saja Anda berikan setiap hari.. Memang alpukat mempunyai kandungan lemak, tetapi lemak yang terkandung dalam alpukat merupakan lemak sehat yang aman buat tubuh.

      Lemak yang terkandung dalam alpukat mengandung monounsaturated yang justru bermanfaat untuk kesehatan jantung. Lemak monounsaturated dapat menurunkan LDL ( kolesterol jahat ) dan dapat menaikkan kadar HDL ( kolesterol baik ) di dalam tubuh.

      Alpukat juga kaya akan vitamin E yang mengandung banyak antioksidan untuk mencegah radikal bebas. Selain itu kandungan beta-sitosterol dalam alpukat dapat berfungsi sebagai anti kolesterol yang dapat mengendalikan kolesterol dalam tubuh..

      Tapi.. perlu diperhatikan.. berikan bayi Anda asupan nutrisi dengan komposisi zat gizi yang SEIMBANG. Maksudnya, makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin-mineral yang CUKUP.. pola makan yang teratur dengan gizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.. ;-)

  90. ummu aufa February 10, 2011 at 4:12 am #

    tipsbayi,nanya lg ni:
    berbahaya gak klo masak makanan bayi spt bubur,sayur hasil blender,&ikan, trus disimpan di dlm kulkas (bukan freezer) dlm wktu lbh dr 1 minggu?sy selalu masak dlm porsi banyak trus dsmpan d kulkas, biar gak sering2 masak, krn sy bekerja d luar.
    thx jwbnny.

  91. ummu aufa February 10, 2011 at 3:49 am #

    assalaamua’laikum tips bayi,
    slm knl dr ummu aufa nih.
    sy mau nanya,sy bingung ni,knp bayi sy aufa,10 bln,sering bgt terbangun klo bo2 malam?kadang pake nangis,kadang jg gak(disusuin lgsung bo2 lg).rata2 tiap malamny tu sampe lebih dr 5x bangun.ini sejak aufa umur 3 bln smpe skrg.sy bnr2 gak prnh tidur nyenyak.sy jg khwatir sm perkembangan aufa ke depannya.mohon jwbnny y tips bayi…
    makasih byk.

    • tipsbayi February 17, 2011 at 1:53 am #

      @ ummu aufa,

      Wa’alaikum salam,
      Salam kenal kembali.. ;-)

      Pola tidur bayi dipengaruhi juga dengan aktifitas bayi diwaktu siang, kondisi fisik bayi pun berpengaruh, pola tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambah usianya, jadwal tidur siang akan berkurang dengan sendirinya dan akan berpindah kepada sore atau malam.. Bangun malam juga akan semakin jarang.. Begitu terus hingga akhirnya bayi Anda menemukan pola tidur yang pas.. Jadi Anda jangan khawatir..

      Saran.., bentuk kebiasaan pada bayi Anda agar terbentuk kemandirian, misal diusap kepalanya ketika bangun, disusui atau ditenangkan dengan bisikan akan membentuk pola tidur bayi Anda yang bagus..hindari menggendong bayi Anda atau membiasakan dengan ayunan ketika terbangun ini akan menjadi kebiasaan yang kurang baik.., beri makan atau susui ketika hampir masuk jam tidur, redupkan cahaya lampu ketika masuk jam tidur, jauhkan dari kebisingan..ini akan membantu lelapnya tidur bayi Anda.. ;-)

      Makanan olahan bisa Anda simpan dalam lemari es atau freezer, untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca artikel terkait di:

      http://www.tipsbayi.com/tuntunan-membuat-makanan-bayi-sendiri.html

  92. dian February 9, 2011 at 2:43 pm #

    maaf ad yg lpa tips bayi,sya mau tny lgi gni…klo tmpt mkan byi,sprt sndok,prng,glas itu,,apkh ada ketentuannya,,,mhon djlskn…klo yg bysa djual dbaby shop,n tko2 bju gt aman g ya?

    • tipsbayi February 17, 2011 at 1:28 am #

      @ dian,

      Untuk sendok, piring, gelas atau alat makan plastik bayi Anda, pastikan bahannya aman dan bebas dari BPA..
      Banyak sekali botol-botol dan alat makan maka untuk menghindari atau meminimalisir dampak BPA pada si kecil kami berikan beberapa tips berikut:
      * Hindari penggunaan botol polikarbonat yang mengandung BPA. Sebagai gantinya gunakan botol bebas BPA, atau botol yang terbuat dari gelas/kaca.
      * Ketika membeli botol plastik, pilihlah botol yang menggunakan polypropylene/polyethylene, yang tidak keras dan tidak mengkilat.
      * Carilah tanda “BPA-free” pada kaleng atau botol susu yang Anda beli.
      * Hindari pemberian teether berbahan plastik/vinyl pada bayi.
      * Hindari memanaskan makanan dalam wadah plastik karena dapat memicu pelepasan BPA. Sebagai gantinya, gunakanlah wadah gelas/kaca atau keramik.
      * Cucilah botol dan wadah plastik dengan spons agar tidak merusak lapisan plastiknya.
      * Belajar membaca kandungan dalam plastik. Singkirkan produk plastik yang mengandung bahan-bahan seperti DBP dan DEP, DEHP, DMP. Gunakan polyethylene (#5), dan hindari polikarbonat (#7).
      * Jangan gunakan lagi botol plastik atau alat makan yang sudah tergores/rusak atau kusam.. ;-)

  93. dian February 9, 2011 at 2:22 pm #

    thanks ats infonya…
    Tp mslhny ptra sya umr 5bln n brtna mncpai 9kg,klo nnti umr 6bln dbri alpkat,ap gak tmbh gmuk??

    • tipsbayi February 17, 2011 at 1:23 am #

      @ dian,

      Benar.. mungkin sebagian dari kita menganggap bahwa alpukat dapat menyebabkan berat badan bertambah atau gemuk, tapi ternyata itu tidak benar.

      Memang alpukat mempunyai kandungan lemak, tetapi lemak yang terkandung dalam alpukat merupakan lemak sehat yang aman buat tubuh. Bahkan alpukat dapat memperlancar penurunan bobot tubuh seseorang.. ;-)

      Lemak yang terkandung dalam alpukat mengandung monounsaturated yang justru bermanfaat untuk kesehatan jantung. Lemak monounsaturated dapat menurunkan LDL ( kolesterol jahat ) dan dapat menaikkan kadar HDL ( kolesterol baik ) di dalam tubuh.

      Alpukat juga kaya akan vitamin E yang mengandung banyak antioksidan untuk mencegah radikal bebas. Selain itu kandungan beta-sitosterol dalam alpukat dapat berfungsi sebagai anti kolesterol yang dapat mengendalikan kolesterol dalam tubuh.. ;-)

  94. Premitha February 8, 2011 at 7:19 pm #

    salam knal dok.. yg ingin sy tanyakan utk jenis yoghurt merk pa yg cocok utk bayi 9 bln k atas?? sy prnh dngar klo d dalam yoghurt mengandung mnyk babi ap itu benar?? mhn inf ny. Tks banyak..

    • tipsbayi February 9, 2011 at 3:44 am #

      @ Premitha,

      Yoghurt yang cocok untuk bayi yaitu yoghurt bayi.. Untuk merk mohon maaf kami tidak bisa meyebutkan disini.. ;-)

      Tentu saja yoghurt buat bayi bukan sembarang yoghurt, lo. Melainkan yoghurt yang mengandung Bifidobacterium sp, yang menghasilkan asam laktat tipe L (+). Sedangkan asam laktat tipe D (-) yang mengalami metabolisme lebih lambat tidak cocok bagi bayi. Setelah usia setahun lebih dan sudah biasa, barulah anak dapat mengonsumsi semua jenis yoghurt dan menikmati manfaatnya sebagai sumber protein, kalsium, dan fosfor tinggi.

      Pemberiannya paling baik dalam keadaan dingin suhu ruang, jadi tidak terlalu dingin seperti es cream keluar dari freezer..
      Tapi jika sudah biasa, minum dalam keadaan dingin juga tidak mengapa..

      Memang ada suatu keterangan yang mengatakan kalsium dari tulang babi ditambahkan ke dalam proses pembuatan yogurt. Itu bisa saja benar, maka untuk amannya kita cari yoghurt buatan lokal yang sudah ada label halal MUI nya.. ;-)

  95. asri February 6, 2011 at 5:56 am #

    trimakasih informasinya mula2 saya takut anak saya di kasih alpukat ama ibu saya takutnya nanti ada gangguan pencernaannya maklum anak saya sering keteteran di pencernaan sedikit2 alergi. sekaranga dah lega. …..saya tgg lagi informasi berikutnya.

  96. MISNO SUSANTO January 31, 2011 at 8:19 am #

    TRIMA KASIH INFONYA,YANG SANGAT BERMANFAAT BAGI PARA IBU

  97. bunda azhar January 30, 2011 at 7:58 am #

    Tq infonya,, alhamd azhar mau masuk usia 7bln. Slama ini sy hany memberi asupan buah jeruk baby.. Dan sy akan mencoba memberinya buah alpukat.

  98. vivi January 25, 2011 at 5:53 am #

    thank’s infonya sangat bermanfaat bagi saya yang akan melahirkan pada awal maret mendatang

  99. Rino January 24, 2011 at 12:23 am #

    wah sebelum ada wacana tentang Alpukat, calysta (12 bulan) udah seneng makan alpukat.awalnya saya juga agak takut sehingga kalau ada alpukat kami hanya beri sedikit untuk icip-icip aja.sekarang kami makin yakin kalu aman diberikan bahkan dicampur dengan buah lain….wow amazing.terimakasih Tips Bayi

  100. Mudji January 23, 2011 at 5:03 am #

    Thanks infonya, sangat bermanfaat bagi kami.

  101. hesyi.. January 23, 2011 at 3:46 am #

    Thanks 4 infonya, sangat b’manfaat bg ibu2 muda..

  102. tengku aryl January 22, 2011 at 5:54 pm #

    Apa pengaruhnya teh bagi ibu menyusui?

    • tipsbayi January 26, 2011 at 1:41 am #

      @ tengku aryl,

      Minum teh atau teh hijau memang bermanfaat untuk tubuh, namun ada masa dimana minum teh perlu dikurangi. Mirip dengan anjuran orang-orang tua untuk mengurangi atau meniadakan minum kopi, Ibu-ibu yang sedang hamil harus berhati-hati dalam mengkonsumsi teh hijau karena kandungan kafeinnya sangat besar. Sementara ibu-ibu yang sedang menyusui, juga disarankan agar tidak mengkonsumsi kopi dan teh hijau karena dapat menimbulkan restlessness (sukar diam), sukar tidur, anemia dan effect negatif lainnya pada anak-anak yang sedang disusuinya.

      Secara umum, kafein menimbulkan efek merugikan pada kesehatan ibu. Salah satunya, gangguan penyerapan zat besi dan kalsium, hingga berisiko terkena osteoporosis.

      Seseorang dikatakan mengonsumsi kafein secara berlebih jika porsi kafeinnya lebih dari 600 mg/hari atau setara dengan 7 cangkir kopi. Di bawah angka itu, umumnya risiko yang ditimbulkan tidaklah terlalu mengkhawatirkan. Itulah mengapa, kepada pasangan yang berniat memiliki keturunan, dokter biasanya menyarankan untuk sesegera mungkin meninggalkan gaya hidup tidak sehat, termasuk meninggalkan kebiasaan minum kopi berlebih secara bertahap.

      Apalagi, kafein tak hanya ada dalam kopi, tapi juga dalam minuman, makanan, dan obat-obatan yang mungkin juga kita konsumsi dengan kadar berbeda-beda. Kadar kafein dalam obat biasanya diketahui lewat label komposisi yang tercantum dalam kemasan. Kafein dalam produk makanan seperti cokelat rata-rata sekitar 15 mg, suplemen minuman 50 mg, sementara obat-obatan dengan kisaran 20-50 mg.

      Fungsi rahim ibu hamil akan terganggu oleh tingginya asupan kadar kafein, apalagi dalam jangka waktu lama. Aliran darah dan pasokan oksigen dari ibu ke janin pun bakal terhambat, hingga memperbesar risiko terjadi keguguran atau kelahiran prematur. Bahkan jika ibu hamil tetap nekat meneruskan kebiasaannya minum kopi secara berlebih, sangat mungkin janin akan meninggal sebelum dilahirkan. Sebuah riset di Inggris memperlihatkan bahwa 25% wanita hamil berisiko mengalami keguguran jika mengonsumsi segelas kopi setiap hari. Tingkat risiko ini akan kian tinggi bila yang bersangkutan menikmati kopi beberapa gelas dalam sehari.. ;-)

  103. mian nababan January 22, 2011 at 3:48 am #

    trims infonya, saya akan coba memperkenalkan alpukat pada bayi saya

  104. arpina January 20, 2011 at 3:13 pm #

    yg kira-kira yang cocok buat bayi umur 4 bulan apa yah ?

  105. yunita_yusa January 20, 2011 at 10:43 am #

    tips bayi memang memberikan tips yang bermanfaat bagi para orang tua.
    terima kasih atas semua info dan pengetahuan yang diberikan pada kami.

  106. yull January 20, 2011 at 7:09 am #

    Trims infonya…qu share ya

  107. wisri January 20, 2011 at 6:57 am #

    bagus juga informasinya, walau anak saya sudah besar, tapi bisa kok untuk sharing dengan yang lain, trims ya….

  108. Fatni January 20, 2011 at 3:02 am #

    trima kasih atas infonya,kebetulan bayi saya mau menginjak usia 6 bln.Tips Alpukadnya akan saya coba
    sebagai salah satu MPASI.

  109. pitoe January 20, 2011 at 2:51 am #

    anak saya baru berusia 2 bulan. tapi mertua saya bersikeras memberikan pisang pada anak saya. sebenarnya saya tidak setuju dan agak kesal dengan mertua saya.
    apa dampak pada anak saya jika benar2 diberi makan pisang? setahu saya sampai sekarang anak saya masih mengkonsumsi asi. terima kasih

    • tipsbayi January 26, 2011 at 1:13 am #

      @ pitoe,

      Dokter dan para ahli menyarankan untuk pemberian MPASI sebaiknya pada usia 5-6 bulan, akan tetapi pada usia 4 bulan pun ada yang sudah mulai “penasaran” melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya. Lalu, kapan sih sebenarnya bayi Anda SIAP menerima MPASI? Berikut antara lain tanda-tandanya:

      * Sudah mulai tertarik melihat makanan. Jika dia sudah mulai memperhatikan makanan yang ada di piring Anda, bahkan mencoba untuk meraihnya dan memasukkannya ke mulutnya, nah… ini berarti dia sudah mulai tertarik dengan makanan…
      * Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik. Kalau belum bisa, sebaiknya Anda menunda memberikan MPASI kepadanya
      * Jika bayi Anda sudah bisa memasukkan makanan dengan lidahnya ke bagian belakang mulutnya, berarti ia sudah siap
      * Bibir bagian bawah bayi Anda juga sudah harus bisa “mengambil” makanan yang ada di sendok
      * Usus bayi Anda sudah harus bisa mencerna makanan yang masuk dengan baik

      Kami sarankan berikan saja dulu bayi Anda ASI eksklusif, karena sistem pencernaannya belum siap untuk menerima makanan padat.. ;-)

  110. ilmul_kh January 19, 2011 at 12:43 pm #

    terima kasinh infonya…tips bayi telah memberikan banyak pengetahuan yang berharga bagi para orang tua..sekali lagi terima kasih atas semua informasinya

  111. ery January 19, 2011 at 9:22 am #

    infonya sangat bermanfaat untuk saya karena bayiku mo menginjak 6 bln, thanks…

  112. mama qis January 19, 2011 at 8:05 am #

    Trims infonya. Tapi seperti comment yang lain, anakku juga udah 2 th, dan kebetulan suka alpukat, terutama buah potongnya, dan … nggak ada masalah.
    Jadi … its ok..

  113. Harry w mauludin January 19, 2011 at 7:26 am #

    informasi yang saya dapat sungguh berharga terimakasih atas informasi nya mudah mudahan bermanfaat bagi anak saya yang akan baru lahir

  114. Ach. yani January 19, 2011 at 3:14 am #

    Terima kasih atas infonya yg bermanfaat banget, putra kami masih 4 bln

  115. Sari January 19, 2011 at 2:27 am #

    Thanks infonya ya…anakku sekarang 5 bulan, sebentar lagi resepnya bisa dicobain.

  116. Anonymous January 19, 2011 at 1:42 am #

    terima kasih atas infonya anak saya sudah 13 bulan,saya akan mencoba untuk memberikan apukat,masih adakan resep yang lainnya.

  117. vthree January 18, 2011 at 2:02 pm #

    thank infonya, sangat bermanfaat

  118. esnawan January 18, 2011 at 12:54 pm #

    Terima kasih atas infonya! Luar biasa!!!!!
    Ternyata manfaat alpukat dari yang saya bayangkan.
    Kami akan mencobanya. putra kami sudah berumur 7bulan.

  119. Ratmi January 18, 2011 at 10:09 am #

    Terima kasih atas info nya. tp anak saya sdh 16 bulan, mungkin tdk terlambat ya untuk membuat baby saya menyukai alpukat.
    Semoga berjaya.

  120. bunnda kusma January 18, 2011 at 8:56 am #

    Makasih infonya….. tapi anaku sekarang udah 13 bulan ….

  121. Andy cogan January 18, 2011 at 8:35 am #

    Thanks ya pak..buat infonya anak saya ud berjalan 6 bulan dan alpukat akan menjadi makanan utama anak saya pengganti cereal instean..

  122. lydia January 18, 2011 at 5:39 am #

    tips ada materi untuk 12bln ? tips, ubay berumur 13 bln, sdh 2 hari ini matanya ada kotoran mata byk,apa itu sakit mata, aplg kl bgn tidur, numpuk dan agak lengket, kira-kira itu apa tips ? biasakah seusia ubay kena seperti itu ? mohon penjelasannya, terimakasih . .

  123. arachman January 18, 2011 at 4:41 am #

    Wow Keren,… Anakku mau 6 bln jg. Thanks buanget atas infonya.
    Nice post…

  124. Gon January 18, 2011 at 3:36 am #

    Alhamdulilah, trima kasih infonya…..

  125. ahmad January 18, 2011 at 3:33 am #

    Nice info….
    Terimakasih atas info yg sudah di berikan.. Kebetulan anak sy di usia 7bln ini baru pertama kali di berikan alpukat.. Maka dari itu berarti sy tidak salah lg untuk memulai memberikan buah2an sebagai selingan makanan pokok…

  126. DON January 17, 2011 at 5:31 pm #

    terimakasih info nya denagn ini say makin yakin klaw alpukat baik bagi bayi karena sebentar lagi bayi sy akan berusia 6 bulan

Leave a Reply